Rabu, 26 November 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Persib Bandung Naksir Gelandang PBR

Posted: 26 Nov 2014 09:24 PM PST

Persib Bandung tengah gencar untuk menambah pemain guna mengarungi musim kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 dan Liga Champion Asia 2015.

Salah satunya, David Laly. Pemain asal tim sekota Pelita Bandung Raya (PBR) ini tidak luput dari pantauan tim pelatih. Dengan kecepatannya, David Laly diharapkan menambah daya gedor skuat Maung Bandung.

Saat dikonfirmasi oleh liputan6.com atas hal tersebut, Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurjaman tidak menampik. Pria yang akrab disapa Djanur ini bahkan telah menjalin komunikasi dengan mantan pemain Persidafon tersebut.

"Saya belum bisa berkomentar banyak (soal ketertarikan memboyong David). Tapi saya ga menampik kalau menjalin komunikasi," kata Djanur, Kamis (27/11/2014).

Djanur menuturkan, David bermain apik dan membutuhkan jasa pemain yang memiliki kontribusi besar membawa PBR
menembus babak 4 besar ISL 2014.

"Kita akui tertarik. Kita memang perlu menambah pemain di beberapa posisi sesuai yang dibutuhkan," bebernya.

Disinggung berapa besar peluang Djanur mendapatkan David, mantan pelatih Pelita Jaya Karawang ini enggan berkomentar banyak, namun David menyatakan ketertarikannya kepada Persib.

"Kita lihat saja. Dia memberi sinyal tapi belum ada keputusan," pungkasnya.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung tengah gencar untuk menambah pemain guna mengarungi musim kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 dan Liga Champion Asia 2015.

Salah satunya, David Laly. Pemain asal tim sekota Pelita Bandung Raya (PBR) ini tidak luput dari pantauan tim pelatih. Dengan kecepatannya, David Laly diharapkan menambah daya gedor skuat Maung Bandung.

Saat dikonfirmasi oleh liputan6.com atas hal tersebut, Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurjaman tidak menampik hal tersebut. Pria yang akrab disapa Djanur ini bahkan telah menjalin komunikasi dengan mantan pemain Persidafon tersebut.

"Saya belum bisa berkomentar banyak (soal ketertarikan memboyong David). Tapi saya ga menampik kalau menjalin komunikasi," kata Djanur, Kamis (27/11/2014).

Djanur menuturkan, David bermain apik dan membutuhkan jasa pemain yang memiliki kontribusi besar membawa PBR
menembus babak 4 besar ISL 2014.

"Kita akui tertarik. Kita memang perlu menambah pemain dibeberapa posisi sesuai yang dibutuhkan," bebernya.

Disinggung berapa besar peluang Djanur mendapatkan David, mantan pelatih Pelita Jaya Karawang ini enggan berkomentar banyak, namun David menyatakan ketertarikannya kepada Persib.

"Kita lihat saja. Dia memberi sinyal tapi belum ada keputusan," pungkasnya. (Okan Firdaus / Bandung)

Pesan Jokowi Agar Kebakaran Lahan di Meranti Tak Terulang

Posted: 26 Nov 2014 09:18 PM PST

Sempat ditunda karena faktor cuaca, akhirnya [Presiden Jokowi](2139787 "") memenuhi niatnya untuk blusukan ke lokasi kebakaran hutan dan lahan di Kepulauan Meranti, Kamis (27/11/2014). Disambut ribuan warga, Jokowi menyempatkan diri menggali kanal pencegah kebakaran dan berdialog dengan ribuan warga setempat.

Di Meranti, Jokowi juga menyempatkan diri melihat pengolahan sagu secara tradisional, yang menjadi ciri khas masyarakat setempat. Ia mendorong warga menjadikan sagu menjadi produk kebanggan Indonesia.

Dikawal ketat petugas TNI AD dan kepolisian, politisi PDIP itu melihat kondisi tanah Kepulauan Meranti yang rawan terbakar sewaktu musim kemarau tiba.

"Di musim kemarau nanti, jangan buang rokok sembarangan. Kondisi lahannya mudah terbakar. Jangan buka lahan dengan membakar," imbau Jokowi saat berdialog dengan warga.

Menurut Jokowi, pembuatan kanal atau parit-parit air di Meranti harus terus dilakukan. Apa yang sudah dilakukannya diminta diteruskan ke pemerintahan setempat.

Dalam blusukannya itu, Jokowi mengaku senang mendapat banyak masukan ide tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan. "Saya senang. Selanjutnya, tergantung dari kitanya. Mau apa tidak untuk mencegahnya," tegas Jokowi.

Kepada warga, Jokowi menjelaskan, masalah kebakaran hutan dan lahan di Riau selalu menjadi masalah rutin, yang tak kunjung selesai. Penyelesaiannya, menurut Jokowi, hanya pada niat masyarakat.

"Warga niat atau tidak mencegah kebakaran. Begitu juga dengan pemerintah. Langkah pencegahan harus dilakukan mulai sekarang. Tidak hanya pemerintah, masyarakat juga," ungkap Jokowi.

Sebelum meninggalkan Meranti, Jokowi berpesan kepada warga untuk menjaga lahan supaya tidak terjadi kebakaran lagi. "Ingat jangan ada bakar-bakar lagi. Puntung rokok jangan buang sembarangan sewaktu musim kemarau," pungkas Jokowi.

Kemudian, Jokowi menaiki Helikopter Super Puma untuk terbang lagi ke Bandara Sutan Syarif Kasim II Pekanbaru. Beberapa menit setelah istirahat, Jokowi langsung terbang ke Jakarta memakai Pesawat Kepresidenan.

Niat Jokowi untuk blusukan ke Pasar Wisata di Jalan Ahmad Yani diurungkan karena waktu yang mepet. Namun demikian, [Jokowi](2139787 "") berjanji akan kembali lagi ke Riau untuk memenuhi niat blusukannya ke pasar tersebut.

Pengusaha Minta Besaran Upah Tergantung Jenjang Pendidikan

Posted: 26 Nov 2014 09:16 PM PST

Kenaikan Upah Minimum Provinsi atau UMP 2015 DKI Jakarta dari Rp 2,44 juta pada 2014 menjadi Rp 2,7 juta pada 2015 dinilai semakin memberatkan pengusaha.

Meski demikian, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, kenaikan UMP sekitar 10 persen tersebut masih dalam batas yang wajar.

Pasalnya, selama ini para pemilik dan pengelola pusat perbelanjaan sudah melakukan kenaikan upah bagi para pekerjaanya rata-rata 8 persen tiap tahunnya.

"Kalau itu sudah dinilai sesuai dengan kelayakan hidup, mau tidak mau kami menerima. Umumnya kenaikan gaji di kami itu 8 persen, biasanya di awal tahun. Tetapi karena sudah diputuskan 10 persen ya tidak apa-apa," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Meski demikian, Ellen berharap kedepannya mekanisme kenaikan gaji ini harus diubah. Menurutnya, akan lebih baik jika penetapan besaran UMP didasarkan pada pengalaman dan jenjang pendidikan masing-masing pekerja.

"UMP ini diberikan berdasarkan tingkatan, dari lulusan apa. Tentu ada pembedaan, yang sudah punya pengalaman dan dibuktikan dengan surat referensi kerja, gajinya berapa, yang nol pengalaman berapa. Jangan disamakan," kata dia.

Dengan demikian, diharapkan ada asas keadilan bagi pekerja yang memiliki tingkat pendidikan tinggi. "Sekarang UMP ini seolah-olah dipukul rata. Kasian orang yang sudah sekolah tinggi-tinggi," tandasnya. (Dny/Ndw)

25 Tim Akan Wakili Indonesia di Kompetisi ICT Internasional

Posted: 26 Nov 2014 09:16 PM PST

Indonesia sedang mempersiapkan ajang Asia Pacific Information Communication Technology Alliance (APICTA) yang akan berlangsung di Jakarta. Terdapat 25 tim yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional tersebut.

Di ajang ini karya-karya inovatif dan kreatif diadu untuk mendapatkan penilaian terbaik dari juri. Sebagian besar karya asal Indonesia diklaim akan menampilkan inovasi yang bakal bersaing di hampir semua kategori yang dilombakan.

"Kita ikut di 12 kategori dari 15 kategori yang disediakan di kompetisi ini. Kita harapkan perwakilan Indonesia bisa dapat medali juara di setiap kategori, kita berikan dukungan penuh untuk mereka juga doa supaya sukses," ujar Septriana yang juga jadi penanggung jawab APTICA 2014.

Septrian melanjutkan, APICTA merupakan ajang kompetisi di bidang teknologi yang mewadahi 16 negara di Asia Pasifik. Pada ajang APICTA tahun ini 13 negara ikut ambil bagian menjadi peserta dengan 2 negara pendamping, Jepang dan Myanmar.

Malaysia merupakan negara yang bisa dibilang sebagai pesaing berat bagi Indonesia di APICTA 2014. Negeri Jiran itu menjadi negara paling banyak mengirimkan peserta dan mengisi semua kategori.

"Malaysia jadi negara paling banyak kirim peserta. Mereka kirim 30 tim dan ada di semua kategori, ini mungkin bisa disebutkan sebagai lawan yang cukup berat untuk perwakilan kita," ungkap Septriana.

Meskipun demikian, Septriana mengaku optimistis Indonesia akan memenuhi target pencapaian yang ditentukan untuk APICTA 2014. "Karya anak-anak Indonesia itu keren banget lho, saya yakin karya mereka bakalan lebih unggul dari peserta negara lainnya," tandasnya bernada optimis. (den/dew

Sexpedia: Saat Pria Gagal Memuaskan Wanita

Posted: 26 Nov 2014 09:15 PM PST

Apakah pria akan merasa gagal kalau tidak bisa memuaskan wanitanya. Psikolog seks Zoya Amirin M.Psi menjawab tentang kegundahan tersebut dalam Sexpedia episode Kamis (27/11/2014)

Berikut videonya:

 

7 Anggota PPP Tanda Tangani Dukungan Interpelasi Harga BBM

Posted: 26 Nov 2014 09:04 PM PST

Para anggota fraksi yang mayoritas berasal dari Koalisi Merah Putih (KMP) mengajukan [hak interpelasi](2139562 "") (bertanya) kepada Presiden Jokowi. Interpelasi diajukan terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Politisi Partai Golkar Muhammad Misbhakhun mengatakan, jumlah anggota DPR yang telah memberikan dukungan terhadap interpeleasi BBM sebanyak 202. Jumlah itu termasuk anggota PPP yang notabene berkoalisi dengan Jokowi-JK.

"Mengenai jumlah anggota DPR yang sudah memberikan dukungan (tanda tangan) sampai hari adalah 202 anggota naik dari kemarin sebanyak 157 anggota. Kami juga akan berusaha untuk menambah jumlahnya. Kami merencanakan juga untuk tidak sekarang menyerahkan pimpinan. 202 anggota itu terdiri dari Golkar, PAN, Gerindra, PKS dan PPP," ujar Misbhakhun di Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Anggota Fraksi PPP yang sudah tanda tangan adalah Kartika Yudhisti, Anas Thohir, A Fauzan Harun, Epyardi Asda, Asep Maoshul Affandy, dan Achmad Dimyati.

Sementara itu, Politisi Gerindra Desmond J Mahesa mengaku sudah mendapat 62 tanda tangan dari 73 anggota fraksinya. "Kami lakukan sebagai hak anggota dewan. Ini tidak atas nama fraksi/partai. Jadi hak bertanya ini adalah hak anggota yang diminta konstituennya oleh daerah terkait [BBM](2139562 "")," jelas Desmond.

Tottenham Vs Partizan: Perbaiki Rapor di Kandang, Spurs!

Posted: 26 Nov 2014 09:02 PM PST

Pada matchday kelima babak penyisihan grup Liga Europa, Tottenham Hotspurs bakal menjamu wakil Serbia Partizan Belgrade pada Jumat (28/11) dinihari WIB di White Hart Lane, London. Spurs baru saja menang 2-1 di Liga Premier atas Hull City, akhir pekan lalu.

Namun, di laga kandang terakhir mereka, The Lily Whites takluk 1-2 dari Stoke City. Laga melawan Partizan nanti bakal jadi pekerjaan rumah anak-anak asuhan Mauricio Pochettino untuk memperbaiki rekor menang di kandang mereka.

Sedangkan Partizan, adalah pemuncak klasemen sementara Super Liga, kompetisi domestik Serbia. Dari tiga laga terakhir mereka, Partizan membabat habis kemenangan dengan masing-masing tiga gol di tiap pertandingan.

Tapi tim tamu datang ke London bukan berstatus unggulan. Saat ini mereka menduduki peringkat terakhir di klasemen Grup C Liga Europa dengan koleksi satu poin. Berbeda dengan Spurs yang memiliki poin sama dengan pemuncak klasemen grup, Besiktas, yakni delapan poin.

Menghadapi Partizan, mungkin Spurs akan mengandalkan Harry Kane sebagai pencetak gol terbanyak klub (5 gol). Hanya saja, tuan rumah bakal kehilangan Fazio yang terkena larangan bermain.

Sedangkan tim tamu Partizan akan menurunkan skuat terbaiknya ketika berkunjung ke White Hart Lane. Nama-nama seperti Sasa Markovic, Nikola Drincic, dan Branci Ilic bakal menghuni starting line-up Partizan.

Lima laga terakhir Tottenham
30/10/14 Tottenham 2 - 0 Brighton
02/11/14 Aston Villa FC 1 - 2 Tottenham
07/11/14 Asteras Tripolis 1 - 2 Tottenham
09/11/14 Tottenham 1 - 2 Stoke City FC
23/11/14 Hull City AFC 1 - 2 Tottenham

Lima laga terakhir Partizan
03/11/14 Partizan 1 - 0 Vojvodina
07/11/14 Beşiktaş 2 - 1 Partizan
09/11/14 Spartak Subotica 0 - 3 Partizan
19/11/14 Partizan 3 - 0 Sloga
23/11/14 Partizan 3 - 1 Napredak

 

Prediksi susunan pemain Tottenham Hotspur vs Partizan (Liputan6.com)

5 Peristiwa Terbesar di Televisi Sepanjang Masa

Posted: 26 Nov 2014 09:00 PM PST

Pada 1996, PBB menetapkan 21 November sebagai Hari Televisi Dunia. Hingga kini, televisi masih menjadi medium komunikasi yang paling berpengaruh bagi penduduk Bumi.

Televisi telah menggantikan media cetak. Internet belum menggusur TV, malah kini TV menjadi bagian dari layanan Internet.

Memperingati Hari TV Dunia, laman news.com.au belum lama ini merating lima peristiwa yang terekam televisi dan mengubah wajah dunia.

Apa saja?

Debat Calon Presiden AS pertama disiarkan TV

Debat Calon Presiden AS Pertama Disiarkan TV (1960)

Sejarawan politik dan pengamat media sepakat bahwa tayangan televisi yang menyiarkan Debat Calon Presiden AS tahun 1960 antara Wakil Presiden Richard Nixon dan kandidat yang waktu itu kurang dikenal, Senator John F. Kennedy, telah mengubah waja politik dan bagaimana mengonsumsi berita.

Untuk pertama kalinya, para calon pemilih bisa melihat calon pemimpin mereka berargumentasi serta menyampaikabn visi-misinya--tidak lagi sebatas mendengar suara mereka di radio. Kennedy dianggap memenangkan perdebatan karena terlihat lebih menawan di TV.

 


 

 

Pembunuhan Presiden John F. Kennedy

Pembunuhan Presiden John F. Kennedy (1963)

Saat Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy terbunuh pada 22 November 1963, masyarakat Amerika melihat di televisi bagaimsana penyiar berita Walter Cronkite di CBS berkaca-kaca, dengan suara tersedak namun di saat bersamaan mencoba bicara datar, mengabarkan kabar rsmi bahwa sang presiden telah tiada.

Pada 1975, sekali lagi masyarakat Amerika--yang belum sembuh dari trauma kematian presiden yang mereka cintai--terpaku melihat momen-momen Presiden Kennedy tertembak lewat rekaman kamera film milik Abraham Zapruder, seorang warga biasa. Rekaman ini dianggap mempengaruhi bagaimana sebuah kekerasan ditampilkan di TV dan film. Yang lain menyebut rekaman itu adalah awal dari apa yang kini dikenal sebagai citizen journalism.

 


 

 

Pendaratan pertama di Bulan

Pendaratan pertama di Bulan (1969)

Pada 1969, Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan. Saat kru Apollo 11 mendrat di Bulan pada tanggal 20 Juli, TV menyiarkan momen itu selama 30 jam non-stop. Pendaratan ke Bulan adalah salah satu peristiwa bersejarah bagi umat manusia.

 

 

 

Runtuhnya Tembok Berlin

Runtuhnya Tembok Berlin (1989)

Pada 1989, bepergian dari Jerman Timur ke Jerman Barat bukanlah hal yang dilarang lagi. Pemerintah Komunis Jerman Timur memutuskan merobohkan tembok yang memisahkan dua Jerman itu. Tembok secara resmi dirobohkan pada 10 November tahun itu. Rakyat Jerman bersorak. Dan semua momen itu ditangkap kamera TV.

 


 

 

Serangan teroris 11 September 2001

Serangan teroris 11 September 2001

Dunia seperti berhenti saat pesawat komersil yang dibajak teroris diterbangkan lurus ke arah menara kembar World Trade Center (WTC) pada Selasa pagi tanggal 11 September 2001. Pesawat meledak di depan miliaran pasang mata yang menonton TV hari itu. Runtuhnya menara WTC tak lama kemudian juga terjadi di depan TV. Semua orang ingat apa yang mereka lakukan pada 11 September hari itu, dan takkan melupakannya.

 


 

(Ade)

Arjuna Buatan UGM Juarai Kompetisi Mobil Listrik Indonesia

Posted: 26 Nov 2014 09:00 PM PST

Arjuna, nama tokoh Pandawa yang dijadikan julukan salah satu mobil listrik buatan 16 mahasiwa UGM dari prodi teknik mesin, Fakultas Teknik dan prodi Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas MIPA tersebut terbukti ampuh.

Pasalnya, mobil Arjuna dari Yogyakarta itu menjuarai Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) kategori kecepatan pada 14-16 November lalu di Politeknik Negeri Bandung.

Mobil yang dirakit selama 6 bulan ini sukses dinobatkan menjadi mobil listrik tercepat karena berhasil mengalahkan 23 mobil listrik buatan mahasiswa dari 19 perguruan tinggi lain.

Mobil Arjuna UGM ditetapkan sebagai juara setelah mampu menempuh jarak 10 kilometer dalam 12 menit 32 detik. Mobil yang memiliki kecepatan 60 km/jam ini dirakit dengan menghabiskan dana sebesar Rp 37,5 juta dan berhasil membawa pulang prestasi juara ketiga untuk kategori efisiensi.

Moch. Ryan Ardiansyah, selaku ketua Tim Arjuna UGM mengatakan, Mobil Listrik Arjuna UGM dalam kompetisi tersebut  merupakan satu-satunya mobil dengan catatan finish 12 menit untuk 10 lap atau sekitar 10 km.

“Mobil ini memecahkan rekor mobil tercepat sepanjang 6 kali kompetisi ini dilaksanakan,” kata Ryan Selasa (26/11/2014).

Mobil listrik Arjuna ini sendiri bukanlah pertama, karena merupakan generasi ketiga buatan mahasiswa UGM yang menggunakan 2 buah motor BLDC 48 Volt; 45 Ah; 1000 W dengan  2 buah controller.

Meski demikian, mobil arjuna UGM ini masih menggunakan sumber tenaga dari aki 12 V; 45 Ah sebanyak 4 buah yang dirangkai seri serta konstruksi rangka mobil seperti mobil formula agar keamanan pengemudi serta kestabilan mobil tetap terjaga saat melaju.

“Penggunaan aki kita sesuaikan dengan peraturan di kompetisi ini,” ujarnya.

Siap Kembali Berkompetisi

Menurut Basirudin Qori Wicaksono, tidak menjadi masalah bagi timnya jika dalam kompetisi di tahun depan diharuskan menggunakan baterai mobil listrik.

Dikatakan, ia bersama 16 anggota tim lainnya akan berusaha mengembangkan baterai mobil listrik, kendati harga baterai mobil listrik diperkirakan hampir sama dengan harga mobil Arjuna.

Ditugaskan sebagai driver, Wicaksono mengaku dirinya tidak mengalami kendala dalam mengendarai Arjuna. “Bedanya kecepatan mobil ini tiga kali lebih cepat dibanding saat pertama dikembangkan, manuver dan suspensinya pun jauh lebih enak,” katanya.

Seperti diketahui, Kompetisi Mobil Listrik Indonesia rutin diselenggarakan setiap tahun, kompetisi tahun ini diikuti 23 tim dari 19 perguruan tinggi diantaranya UGM, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Universitas Islam Indonesia.

Kompetisi tahunan ini bertujuan untuk menarik minat mahasiswa dalam pengembangan inovasi mobil listrik. 

(Reporter: Fathi Mahmud)

Pulang Blusukan, Jokowi Langsung Lantik Kepala BKPM dan BNP2TKI

Posted: 26 Nov 2014 08:54 PM PST

Presiden Joko Widodo akan tiba di Jakarta dari blusukannya ke beberapa kota di Indonesia siang ini‎ di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Usai tiba di Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi‎ dijadwalkan akan langsung mengumumkan dua kepala lembaga pemerintah, yaitu Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Berdasarkan informasi dari Biro Press Istana yang diterima Liputan6.com, Kamis (27/11/2014), Orang nomor satu di Indonesia itu akan melantik Kepala BKPM, Kepala BNP2TKI dan Komisi Aparatur Sipil (ASN) di Istana Negara, Jakarta pada pukul 16.30 WIB.

Seperti diketahui, Jokowi mengaku akan membuat One Stop Shop dan One Stop Service di Indonesia yang dimana hal itu akan dialokasikan ke BKPM.

Komitmen ini ditujukan dalam rangka mempercepat proses perizinan bagi para pemegang modal untuk melakukan investasi di Indonesia.

Posisi Kepala BKPM saat ini kosong setelah Mahendra Siregar memutuskan berhenti bersamaan dengan akhir pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

‎Dalam belakangan, santer dikabarkan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia, Franky Sibarani sebagai kandidat kuat Kepala BKPM. ‎Franky saat ini juga aktif sebagai Sekjen Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia.

Sedangkan unutk posisi Kepala BNP2TKI, Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah mengakui bahwa Nusron Wahid bakal mengisi posisi tersebut.

Nusron Wahid merupakan politisi Golkar yang dipecat partai yang berada di bawah komando Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie lantaran mendukung Jokowi-JK pada Pilpres 2014 lalu.

JK mengatakan Nusron terpilih karena kemampuannya, bukan sebagai bentuk kompensasi dukungan saat Pilpres 2014 lalu. Ketua Umum PMI ini pun menegaskan bahwa Nusron masih kader Golkar.

"Dia ini kan tetap Golkar, buktinya tetap anggota DPR," terang dia. (Yas)

Tidak ada komentar: