Minggu, 02 November 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


600 Kepala Keluarga Dapatkan Program Kartu Sakti Jokowi Hari Ini

Posted: 02 Nov 2014 09:15 PM PST

Pemerintah meluncurkan program peningkatan kesejahteraan rakyat kepada 600 Kepala Keluarga pada lima kantor pos di Jakarta untuk tahap awal.

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi mengatakan, program yang terdiri dari Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) tersebut sudah disosialisasikan kepada masyarakat yang akan menerimanya.

"Sosialisasi kemarin ke penerima ini (program) fungsinya untuk apa," kata Irfan, saat ditemui sebelum melakukan peluncuran program di kantor Pos Besar, Kawasan Pasar Baru, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Dalam peluncurannya, untuk tahap awal akan ada 600 kepala keluarga dapat KKS  yang terdiri dari 235 KIP dan  2775 KIS. Jumlah tersebut dibagi dalam lima lokasi kantor pos di Jakarta. "Nanti bukan hanya di Jakarta, di 18 kabupaten kota," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa  mengungkapkan, program tersebut akan ditujukan untuk  1,289 juta masyarakat miskin dalam bertahap. Dengan total anggaran sebesar Rp 6,44 triliun, menggunakan anggaran Bantuan Sosial Kementerian Sosial.

Kartu Indonesia Sehat  bertujuan untuk meringankan beban masyarakat miskin terhadap kesehatan. KIS akan diberikan kepada anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga tidak menggeser Sistem JKN. "BPJS penyelenggaranya, JKN sistemnya, semua satu kesatuan," ungkap Khofifah.

Sedangkan program KKS, dibuat untuk meningkatkan kemapuan masyarakat yang kurang mampu. Ke depannya bantuan ini diusulkan dalam bentuk e-money untuk menggerakkan usaha yang produktif. "Kira-kira setara dengan 24,5 juta penduduk Indonesia. 25 persen dari total penduduk itu terbawah," ujar Khofifah.

Menteri Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan, menambahkan, KIP pada fase pertama akan diterapkan pada 18 provinsi kabupaten kota, dengan sasaran 152.434 siswa, ia memastikan jumlah tersebut akan bertambah. Pasalnya, data tersebut menggunakan data Bantuan Siswa Miskin (BSM), ke depannya siswa rentan miskin pun juga akan mendapat bantuan tersebut.

"Data ini adalah data yang didapat TNP2K 2013. Pada fase pertama ini Program KIP akan menggunakan dta siswa miskin yang kemarin menerima Bantuan siswa miskin (BSM)," pungkasnya. (Pew/Ahm)

Data Inflasi dan Kinerja Emiten Bikin IHSG Turun 12 Poin

Posted: 02 Nov 2014 09:13 PM PST

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) fluktuaktif dengan kecenderungan melemah pada sesi pertama perdagangan saham di awal pekan ini. Rilis data inflasi, neraca perdagangan Indonesia dan kinerja emiten kuartal III memberikan sentimen negatif ke bursa saham.

Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham Senin (3/11/2014), IHSG turun 12,28 poin (0,24 persen) ke level 5.077,26. Indeks saham LQ45 melemah 0,21 persen ke level 866,26. Seluruh indeks saham acuan tertekan pada hari ini.

Pada pra pembukaan perdagangan saham hari ini, IHSG sempat sentuh level 5.102. Namun penguatan indeks saham pun terbatas sehingga akhirnya kembali ke zona merah. Di sesi pertama hari ini, IHSG berada di level tertinggi 5.103 dan terendah 5.072.

Ada sebanyak 148 saham melemah sehingga menekan IHSG. Akan tetapi, IHSG melemah terbatas didorong 107 saham berada di zona hijau. Sedangkan 80 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham hari ini sebanyak 102.172 kali dengan volume perdagangan saham 2,55 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 2,35 triliun.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham tertekan hari ini kecuali sektor saham perkebunan naik 0,89 persen. Lalu disusul sektor saham konstruksi naik 0,06 persen dan sektor saham keuangan naik 0,01 persen.

Adapun sektor saham yang tertekan antara lain sektor saham industri dasar melemah 1,67 persen. Disusul sektor saham manufaktur melemah 0,57 persen dan sektor saham perdagangan tergelincir 0,56 persen.

Berdasarkan data RTI, investor asing melakukan aksi beli bersih sekitar Rp 162 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi jual sekitar Rp 100 miliar.

Saham-saham yang menekan indeks saham antara lain saham MAIN turun 20,80 persen ke level Rp 2.475 per saham, saham CPIN turun 5 persen ke level Rp 3.990 per saham, dan saham JPFA melemah 7,17 persen ke level Rp 1.165 per saham.

Adapun saham-saham lapis kedua yang menguat antara lain saham KAEF naik 8,23 persen ke level Rp 1.250 per saham, saham ISSP menguat 5,68 persen ke level Rp 279 per saham, dan saham SIAP naik 3,91 persen ke level Rp 186 per saham.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan, pelaku pasar merespons negatif hasil kinerja emiten kuartal III 2014 dan rilis data ekonomi Indonesia mulai dari inflasi dan neraca perdagangan.

Menurut Satrio, rilis data inflasi Oktober ini di atas harapan pelaku pasar. Tekanan lainnya juga dari neraca perdagangan September 2014 yang lebih tinggi dari yang diharapkan pelaku pasar. Tercatat neraca perdagangan September 2014 alami defisit US$ 270,3 juta.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan laju inflasi pada Oktober 2014 mencapai 0,47 persen, atau lebih tinggi dari bulan September 0,27 persen. Dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,42.

Adapun laju inflasi year on year atau untuk periode September 2013 hingga September 2014 tercatat 4,83 persen. Sedangkan laju inflasi secara tahun kalender (year to date) tercatat 4,19 persen.

Selain itu, sejumlah emiten telah melaporkan kinerja pada akhir pekan lalu. Emiten dari sektor pakan ternak, PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI), PT Aneka Tambang Tbk yang merilis kinerja di bawah harapan telah menekan indeks saham di awal pekan ini.

"Pelaku pasar lebih merespons negatif rilis kinerja emiten, dan ditambah data ekonomi Indonesia," ujar Satrio saat dihubungi Liputan6.com. (Ahm/)

Peduli Kasih Indosiar Menggelar Operasi Katarak Gratis

Posted: 02 Nov 2014 09:12 PM PST

(Senin : 03/11/2014) Program Peduli Kasih Indosiar kembali memberikan bantuan kepada masyarakat tidak mampu. Kali ini program Peduli Kasih menggelar bakti sosial berupa operasi katarak dan transplantasi kornea mata bagi warga di Jakarta.

Kegiatan bakti sosial berupa operasi mata katarak digelar program Peduli Kasih Indosiar di RSCM Kirana Jakarta pada 18 Oktober lalu. Dalam kegiatan ini 70 pasien penderita katarak yang berasal dari masyarakat tidak mampu mendapat kesempatan langka yaitu menjalani operasi katarak secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Para pasien yang sebagian besar telah berusia lanjut usia ini, mengaku bahagia karena penyakit katarak yang selama ini mereka alami, telah dapat disembuhkan.

Tidak hanya kalangan dewasa, kegiatan bakti sosial ini juga dinikmati oleh seorang balita berusia tiga tahun dari keluarga tidak mampu asal Leuwi Liang Bogor Jawa Barat. Balita bernama Kaina Latifia yang kedua orangtuanya berprofesi sebagai buruh pasar ini, berhasil menjalani operasi transplantasi kornea pada salah satu matanya, di RSCM Kirana Jakarta, pada 22 Oktober lalu. Balita yang mengalami kelainan sejak lahir pada kedua matanya ini dalam waktu dekat juga akan menjalani operasi serupa pada mata yang lain. Bila berhasil dijalankan, maka balita ini dapat melihat secara normal.

Kegiatan bakti sosial bagi masyarakat tidak mampu ini sepenuhnya didukung oleh dana pemirsa Indosiar yang disalurkan melalui program Peduli Kasih.(Abdul Haris/JoniSuryadi/Sup)

Avengers: Age of Ultron Bakal Munculkan Loki dan Heimdall

Posted: 02 Nov 2014 09:10 PM PST

Sebuah kabar cukup mengejutkan bagi para penggemar komik dan film superhero, datang dari Idris Elba, pemeran Heimdall di dua film Thor. Ia berkata bahwa karakternya itu akan hadir bersama Loki (Tom Hiddleston) di Avengers: Age of Ultron.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Minggu (2/11/2014), kabar itu diungkapkan Elba secara langsung kepada The Telegraph. Akan tetapi tidak banyak bocoran yang diberikan kepada laman tersebut.



"Saya di Avengers, dan saya melakukan sebuah adegan bersama Chris Hemsworth (pemeran Thor) dan Tom Hiddleston, dan mereka berkata pada saya, 'Bukankah kau di Ibiza?'" ungkap Idris Elba sambil bisik-bisik.

Diketahui, Idris Elba tengah menempati kediaman musim panas sebagai DJ di klub Ibiza, tetapi ia mampu meluangkan waktunya untuk tampil dalam film sebelum dirampungkan pada Agustus 2014 lalu.

Akan tetapi, perwakilan Tom Hiddleston dan Idris Elba tidak segera menanggapi pertanyaan yang berkenaan dengan konfirmasi kabar itu. Seperti kita tahu, baik Tom maupun Elba memang tidak muncul dalam trailer perdana Avengers: Age of Ultron.



Elba juga menceritakan pengalamannya kepada Telegraph saat syuting Thor : The Dark World. Ia mengaku harus melakukan syuting ulang di Inggris pada hari sekembalinya dari syuting Mandela: Long Walk to Freedom di Afrika Selatan.

Jadwal yang ketat itu, diakui sulit bagi dirinya. "Di lokasi Thor 2, saya berpikir, 'Ini adalah penyiksaan, nih. Saya tidak ingin melakukan ini.' Agen saya mengatakan, 'Anda harus, itu bagian dari kesepakatan.'"

thor-movie-131106b.jpg

Avengers: Age of Ultron bakal menjadi proyek Marvel Studios-Disney terdekat. Rencananya, film tersebut dirilis pada 1 Mei 2015 mendatang. Proyek Marvel Studios tahap dua ditutup oleh Ant-Man pada 17 Juli 2015. Tahap tiga bakal dibuka oleh Captain America: Civil War pada 6 Mei 2016. (Rul/Ade)

Polisi Sita Daging Babi 1,2 Ton

Posted: 02 Nov 2014 09:07 PM PST

(Senin : 03/11/2014) Daging babi hutan seberat satu koma dua ton, yang sedianya akan dipasarkan di kawasan Kalimalang, Tambun, Bekasi, ditemukan polisi dari sebuah truk kontainer. Saat penangkapan, daging babi tersebut tanpa dilengkapi dokumen resmi.

Inilah daging babi hutan yang disita polisi, dari sebuah truk kontainer di Jalan Raya Kalimalang, Tambun Bekasi. Daging babi seberat satu koma dua ton ini, sedianya akan dipasarkan di kawasan Kalimalang. Saat ditemukan, daging babi ini tanpa dilengkapi dokumen resmi. Supir truk kontainer hanya mengaku, diminta mengirim ke seseorang, yang tinggal di kawasan ini.

Pengungkapan ini dari kecurigaan polisi, saat melihat truk kontainer tengah terparkir di tempat sepi. Kecurigaan polisi membawa hasil, karena saat kontainer digeledah, terdapat tumpukan karung berisi daging babi segar. Pasca penemuan ini, polisi memburu pemilik daging babi, yang identitasnya sudah diketahui. Polisi juga menyelidiki, apakah daging celeng ini akan dioplos, mengingat harga daging sapi saat ini mahal. (Muhabar/Sup)

Divisi Smartphone Sony Masih 'Berdarah-darah'

Posted: 02 Nov 2014 09:07 PM PST

Sony menunjukkan keseriusan dan optimismenya memasuki industri ponsel pintar dengan berpisah dengan Ericsson dan melaju sendiri dengan Sony Mobile beberapa tahun lalu. Namun, bisnis yang terbilang baru bagi Sony itu masih belum memberikan angin segar bagi perusahaan asal Jepang tersebut.

Dalam laporan keuangan kuartal ketiga 2014 yang berakhir September lalu, Sony Mobile memperlihatkan kondisi yang masih belum menyenangkan bagi perusahaan. Alih-alih kenaikan, perusahaan itu malah mendapatkan penurunan di bisnis mobile yang dimilikinya tersebut.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (3/11/2014), selama satu kuartal itu perusahaan hanya mampu mengirim 9,9 juta smartphone. Jumlah itu sedikit turun dari raihan yang dikantonginya pada periode yang sama tahun lalu, yang mana berhasil mengirimkan 10 juta unit smartphone.

Bahkan, perusahaan yang dikenal luas sebagai pembuat perangkat elektronik itu telah menurunkan prediksi penjualan smartphone tahunan miliknya dari semula 43 juta unit menjadi 41 juta unit. Jumlah itu sebenarnya masih lebih tinggi 2 juta unit dari total penjualan smartphone Sony di tahun 2013.

Sedangkan di divisi gaming, perusahaan itu mampu meningkatkan pendapatan sebesar 83,2% dibanding tahun lalu dan mencatat keuntungan US$ 200 juta. Sejumlah 3,3 juta unit PS4 terjual di kuartal ketiga tahun 2014.

Divisi sensor kamera mencatat keuntungan US$ 271 juta karena permintaan yang tinggi untuk komponen smartphone. Sayangnya, divisi sensor kamera juga dilaporkan ada penurunan signifikan pada penjualan kamera digital yang terkena dampak semakin banyaknya smartphone dengan kamera yang kian canggih.

Sementara itu pada segmen TV, perusahaan mencatatkan keuntungan operasional US$ 73 juta. Sedangkan layanan finansial tetap menjadi bisnis yang paling menguntungkan bagi perusahaan asal Negeri Sakura itu dengan catatan pendapatan operasi sebesar US$ 437 juta.

Fahri Hamzah PKS: Raden Nuh Itu Siapa ya?

Posted: 02 Nov 2014 09:06 PM PST

Lain Fadli Zon, lain lagi Fahri Hamzah. 2 Wakil Ketua DPR itu sempat diminta oleh pengamat dan peneliti Fadjroel Rachman untuk menjenguk Raden Nuh, pria yang diduga pemilik dan pengelola akun Twitter Triomacan2000 @TM2000Back.

Jika Fadli Zon dengan tegas membantah mengenal Raden Nuh. Maka lain lagi gaya politisi PKS Fahri Hamzah.

"Raden Nuh itu siapa ya? Bukannya sekarang sudah ganti nama. Raden Noah...," tulis Fahri dalam akun Twitter-nya, @Fahrihamzah, Senin (3/11/2014).

 




Sebelumnya, 2 Wakil Ketua DPR dari Koalisi Merah Putih (KMP) diminta pengamat dan peneliti Fadjroel Rachman untuk menjenguk Raden Nuh. Tak cuma sekali Fadjroel me-mention Fahri dan Fadli.

"Silakan @fadlizon menjenguk dan save RN triomacan juga ditunggu sumbangan Rp 35 juta juga. Ayo save RN triomacan, tukang peraskhan?" kata aktivis mahasiswa tahun 1980-an itu dalam akun Twitter-nya, @fadjroeL, Minggu (2/11/2014).

Jajaran Subdit Cyber Krimsus Polda Metro Jaya mengamankan Raden Nuh pada 2 November 2014 lalu. Dia diduga terlibat kasus pemerasan terhadap beberapa pejabat PT Telkom.

Raden Nuh yang bergelar Drs, SH, SIP, dan SE itu ditangkap di rumah kost Jalan Tebet Barat Dalam 5, Tebet, Jakarta Selatan pada Minggu pukul 01.00 WIB. Penangkapan Raden Nuh terkait kasus dugaan pemerasan dan pencucian uang dengan pelapor atas nama Abdul Satar.

Saat ini polisi masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap Raden Nuh. Pemeriksaan dilakukan untuk mendalami hubungan Raden Nuh dengan tersangka lain Edi Syahputra yang telah ditangkap sebelumnya. Edi diduga merupakan salah satu komisaris perusahaan media online yang diduga terlibat pemerasan terhadap petinggi PT Telkom. (Mut)

Rentetan Kemenangan Terbaik Madrid di Era Ancelotti

Posted: 02 Nov 2014 09:06 PM PST

Real Madrid untuk pertama kalinya membuat rentetan 11 kemenangan sejak ditangani pelatih asal Italia, Carlo Ancelotti. Kemenangan terakhir di Granada dengan skor 0-4 memungkinkan Ancelotti untuk memperbaiki rekor Los Blancos.

Madrid mengumpulkan 11 laga dengan kemenangan dan memperbaiki rantaian 10 kali kemengangan yang diperoleh pada musim lalu. Pada saat itu kemenangan diawali saat melawan Olimpic de Xativa. Dan, kemenangan ke-10 atau terakhir diperoleh saat melwan Espanyol di Piala Raja.

Seri kemenangan saat ini diawali dengan keunggulan atas Basilea, dengan skor  5-1 pada laga awal Champions League musim ini. Rangkaian kemenangan berikutnya adalah;  Deportivo (2-8), Elche (5-1), Villarreal (0-2), Ludogorets (1-2), Athletic (5-0), Levante (0-5), Liverpool (0-3), Barcelona (3-1), Cornella (1-4) dan Granada (0-4).

Dalam satu rantaian kemenangan ini, Madrid juga telah membuktikan keunggulan defensifnya dengan 46 gol. Dalam hal ini, Iker Casillas dan kawan-kawan hanya menerima 7 gol.  



Ancelotti beberapa waktu lalu masuk dalam jajaran 6 mantan pemain yang sukses melatih. Tak ada yang meragukan kehebatan pria kebangsaan Italia ini. Hampir semua tim yang dilatihnya berhasil memenangkan kejuaraan level profesional.

Ancelotti mulai berkecimpung di dunia sepak bola pada tahun 1970 lalu. Ia lalu meningkatkan kariernya dengan memperkuat Parma, AS Roma, dan AC Milan.

Saat menjadi pelatih, Ancelotti memulainya di Reggiana. Perlahan tapi pasti, Don Carlo menuai kesuksesan bersama Juventus, AC Milan, Chelsea, Paris Saint Germain, dan Real Madrid.

Total 16 trofi bergengsi sudah didapatkannya. Yang terbaru, ia mengantarkan Real Madrid merebut gelar La Decima atau trofi ke-10 Liga Champions.

 

Baca Juga:

Top 5 Bola: Kekalahan Barca Pimpin Berita Terpopuler

Klasemen Liga Premier Pekan ke-10

Pangeran Albert Kecewa Ditinggal Falcao

Daftar Penyusutan Harga Mobil SUV 'Murah' di Indonesia

Posted: 02 Nov 2014 09:05 PM PST

Membeli mobil baru jelas membutuhkan berbagai pertimbangan matang. Sebaliknya, bagi pemilik yang berniat menjual kembali mobil mereka tentu dapat berpedoman lewat beberapa aspek tertentu.

Tim otomotif.liputan6.com pun mencoba menguraikan sebesar-besar penyusutan harga untuk model entry-level kelas SUV lansiran pabrikan besar, seperti Toyota, Suzuki, dan Nissan.

1. Toyota Rush

Mobil racikan Toyota yang berkolaborasi dengan Daihatsu ini menjadi idola di kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Untuk lansiran tahun 2012, Toyota Rush tipe 1,5 L G VVT-I M/T dibanderol Rp 198,7 juta dan 1,5 L VVT-I A/T Rp 208,7 juta.



Namun saat ini, Toyota Rush keluaran 2012 dalam kondisi bekas dijual di pasaran pada kisaran harga Rp 160 juta.

Rush sendiri hadir dengan mesin 1.500 cc VVT-I yang telah memenuhi standar euro II. Di atas kertas mobil ini mampu memproduksi tenaga maksimum 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi 14,s Kgm.

Silahkan klik halaman berikutnya untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

Next!

2. Daihatsu Terios

Saudara kembar Toyota Rush ini menjadi salah satu pilihan bagi konsumen dalam negeri yang menginginkan kendaraan crossover. Pada tahun 2012, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melepas beberpa tipe model Terios. Di antaranya, Terios TS Extra yang dilego Rp 176,4 juta, Terios TX M/T Rp 192,1 juta, Terios TX Adventure M/T Rp 202,4 juta, dan TX Adventure A/T Rp 216 juta.



Pantauan Otomotif Liputan6.com, model Daihatsu Terios bekas lansiran tahun 2012 berada di kisaran Rp 155 juta dengan kondisi telah dipakai sejauh 20 ribu kilometer atau dua tahun.

Silahkan klik halaman berikutnya untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

Next!

3. Suzuki SX4 X-Over

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak mau ketinggalan untuk bermain di kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Pada tahun 2012, mobil ini dilepas dengan harga di kisaran Rp 220 juta namun kini menyusut menjadi Rp 160 juta.



Saat diluncurkan tahun 2012, Suzuki SX4 dhadir dengan mesin empat silinder, 16 katup, berkapasitas 1,4 liter yang mampu menyemburkan tenaga 100 PS pada 6.000 rpm dan 133 Nm pada 4.000 rpm.

Silahkan klik halaman berikutnya untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

Next!

4. Nissan Juke

Mobil yang satu ini langsung meledak ketika muncul di pasar dalam negeri. Namun sayang, keterlibatannya dalam sejumlah kecelakaan maut membuat minat terhadap Juke melandai.



Pada tahun 2012, Nissan Juke mematok harga untuk tipe CVT sebesar Rp 243,8 juta, sementara varian RX CVT dilego Rp 253,8 juta. Saat ini, mobil bekas mobil tersebut jatuh cukup dalam ke angka Rp 155 juta. (Gst/Des)

Serunya Karnaval Macabre, Perayaan Halloween di Perth

Posted: 02 Nov 2014 09:05 PM PST

Halloween selalu dirayakan di belahan dunia dengan berbagai macam cara yang unik. Mulai dari kostum, aksesoris hingga make up yang menyeramkan siap ditampilkan pada perayaan Halloween.

Tidak ketinggalan pihak Pemerintah kota Perth selama seminggu (24 Oktober 2014 - 2 November 2014) menyelenggarakan kembali Carnaval Macabre, festival unik untuk merayakan Halloween dan Meksiko Day of the Dead, Piazza Layar Super Lebar, Northbridge, Pojokan James St dan Danau St, Sabtu (1/11/2014).

Kurang lebih  ratusan penonton berbondong-bondong datang untuk menyaksikan Carnaval Macabre. Berbagai pentas tari-tarian dengan kostum seram, mini kuburan, dinding tembok menyeramkan dengan nuansa bangunan vampire ditampilkan di situ. Acara itu dilengkapi dengan alunan musik nan menyeramkan.

Pameran kendaraan-kendaraan kuno juga hadir, bahkan mobil jenazah dihias sedemikian rupa agar terlihat menyeramkan.

Carnaval Macabre tidak akan lengkap tanpa musim film yang gelap tulang - kesemutan . Sebuah line up film gratis untuk orang dewasa dan anak-anak akan menyaring seluruh musim Carnaval Macabre.

Pengirim:

Naomi Tobing

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@li

Tidak ada komentar: