Sabtu, 23 Agustus 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Terpopuler: Daftar Uang Sah di Indonesia hingga Lowongan PNS

Posted: 23 Aug 2014 08:52 PM PDT

Bank Indonesia (BI) menyebutkan terdapat 12 emisi uang kertas yang menjadi alat pembayaran yang sah saat ini. Salah satunya adalah Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pecahan Rp 100 ribu.

Informasi mengenai pecahan-pecahan uang kertas yang sah tersebut menjadi artikel yang paling diburu pembaca Liputan6.com sejak Senin (18/8/2014) hingga Sabtu (23/8/2014).

Ingin tahu artikel apa yang paling dicari oleh pembaca Liputan6.com di kanal bisnis? Berikut Artikel bisnis terpopuler pilihan pembaca minggu ini:

1. Daftar Uang Kertas yang Sah Beredar di Indonesia

Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pecahan Rp 100 ribu pada perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-69. Dengan demikian, uang NKRI ini menambah deretan uang kertas yang beredar di Indonesia.

2. Mau Jadi Pegawai Negeri? Cek Infonya di Sini

Menjadi pegawai negeri nampaknya masih menjadi pekerjaan idaman bagi sebagian masyarakat. Agustus ini, pemerintah membuka lowongan untuk 65 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 35 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). (Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Saksikan Live Streaming Sunderland Vs MU di Liputan6.com

Posted: 23 Aug 2014 08:49 PM PDT

Pekan kedua Liga Premier Inggris kembali dilanjutkan Minggu 24 Agustus 2014. Ada tiga pertandingan yang akan digelar malam ini.

Liputan6.com akan menayangkan tiga laga seru itu melalui live streaming mulai pukul 19.30 WIB. Live streaming ini dapat dinikmati dengan GRATIS.

Bagi pecinta Manchester United, dapat menikmati pertandingan seru saat Setan Merah menantang tuan rumah Sunderland. Kami akan menayangkan secara langsung pertandingan ini secara live streaming mulai pukul 22.00 WIB.

Sebelum pertandingan itu, kami juga akan menayangkan dua laga seru. Laga pertama akan menghadirkan Hull City Vs Stoke City. Pertandingan ini akan digelar bersamaan dengan Tottenham Hotspur Vs Queens Park Rangers mulai pukul 19.30.

Berikut jadwal live streaming malam ini:

1. Hull City vs Stoke City. Lihat di sini mulai pukul 19.30 WIB.
 
2. Tottenham Hotspur vs Queens Park Rangers. Lihat di sini mulai pukul 19.30 WIB.

3. Sunderland vs Manchester United. Lihat di sini mulai pukul 22.00 WIB.

Ingin live streaming, ini caranya.

Ini Roadmap Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Versi Pertamina

Posted: 23 Aug 2014 08:47 PM PDT

Di Juli kemarin, PT Pertamina (Persero) seharusnya menaikan harga Elpiji 12 kilogram (kg) namun tertunda karena belum mendapat izin dari Pemerintah. Kenaikan harga tersebut dilakukan untuk bisa mencapai harga ekonomi.

Operation Manager Domestic Gas Pertamina, Chairul Alfian Adin mengatakan, sesuai dengan usulan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pertamina membuat roadmap penyesuaian harga Elpiji 12 kg non subsidi.

Menurut Pertamina, Kenaikan harga ini harus dilakukan karena sejak tahun 2009, bisnis Elpiji 12 kg terus-menerus merugi. Dalam rekomendasinya, BPK pun mengusulkan agar Pertamina menaikkan harga Elpiji 12 kg secara berkala.

Dalam roadmap tersebut, di tahun ini Pertamina mengusulkan kenaikan harga Elpiji 12 kg sebanyak dua kali yaitu pada Januari dan Juli senilai Rp 1.000 per kg menjadi Rp 6.944 per kg. Dengan kenaikan tersebut, estimasi harga di konsumen menjadi sebesar Rp 8.640 per kg atau Rp 103.700 per tabung.

"Untuk yang bulan Januari telah disetujui oleh pemerintah dan telah dilakukan, sedangkan untuk bulan Juli belum bisa dilakukan karena belum disetujui," jelas Chairul seperti ditulis, Minggu (24/8/2014).

Kenaikan harga berikutnya dilakukan pada tahun 2015 sebanyak dua kali juga yaitu pada Januari dan Juli dengan nilai kenaikan sebesar Rp 1.500 per kg menjadi Rp 9.944 per kg.

Dengan kenaikan tersebut, maka estimasi harga di konsumen menjadi Rp 12.250 per kg atau Rp 147.000 per tabung.

Di 2016, kenaikan juga direncanakan dua kali. Untuk Januari, Pertamina merencanakan kenaikan sebesar Rp 1.500 per kg dan pada Juli sebanyak Rp 500 per kg sehingga menjadi Rp 11.944 per kg.

Untuk estimasi harga konsumen diperkirakan berada di angka Rp 14.660 per kg atau Rp 175.900 per tabung. "Estimasi harga konsumen lebih tinggi karena ada margin untuk agen dan distributor," tambah Chairul.

Dengan kenaikan dua kali setahun sejak 2014 hingga 2016 tersebut, Elpiji 12 kg bisa mencapai harga ekonomi. "harga ekonomi ini belum untung tapi setidaknya sudah bisa break even point," pungkasnya.(Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Cerita Bebas dari Museum Nasional Jakarta

Posted: 23 Aug 2014 08:45 PM PDT

Sesosok hantu berjalan di sepanjang Jalan Merdeka Barat, Jakarta. Langkahnya terhenti ketika ia melihat seekor gajah kecil bermain di atas tiang sebuah pancuran. Pancuran itu tepat dimuka bangunan megah yang mirip kuil dewa Yunani dengan enam pilarnya yang besar. Sang hantu yang penasaran masuk ke pekarangan istana.

Menaiki anak tangga, sang hantu memasuki istana melalui pintu besar. Di hadapannya duduk bersila seekor gajah. Dua tangannya bertumpu di atas paha dan dua tangan lainnya diangkat ke atas seolah melambai menyambut sang hantu. Gajah itu memperkenalkan namanya, "Nama saya Ganesha, selamat datang".

Banyak makhluk-makhluk yang berdiri di belakang Ganesha dan di sekeliling ruanga itu. Makhluk-makhluk ini sangatlah aneh, ada gajah yang sedang duduk, seorang biksu yang sedang bersila, dewa-dewa kecil dan mereka semua mengelilingi ruangan besar. Dan mereka semua hanya berdiam diri.

Di ujung ruangan tanpa pintu sang hantu terkejut adanya sosok raksasa tinggi besar. Tingginya mencapai 4 meter.  Sang hantu menoleh ke Ganesha dan Ganesha memberitahunya bahwa dia adalah Raja Aditya Warman. Dialah sang Raja istana ini.

Aditya Warman berdiri di atas seorang anak laki-laki yang tidur di atas tengkorak kepala manusia yang berukuran 4 kali lipat tengkorak manusia biasa. Aditiya berdiri memegang sebuah belati dengan tangan kanannya yang ia letakan didepan dadanya. Figurnya sudah cukup menjelaskan siapa dia, pemimpin dengan kekuasaan mutlak.

Adityawarman menjadi Raja Malayapura pada tahun 1347 setelah ia memberontak dari Kerajaan Majapahit. Kerajaan Malayapura terletak di hulu sungai Batang Hari, sungai terpanjang di pulau Sumatera. Meskipun Majapahit  telah menyerang Malayapura dua kali namun serangan-serangan itu dapat dipatahkan oleh Malayapura.

Adityawarman menghadap ke halaman hijau yang hanya diisi satu sapi besar di tengah-tengah empat sapi yang membentuk persegi. Di sekeliling halaman terdapat makhluk-makhluk sejenis penghuni ruangan dimana Ganesha berada.

Di istana itu Adityawarman memiliki koleksi benda-benda antik hadiah dari negara-negara tetangga Indonesia seperti keramik dari Tiongkok, Jepang, Vietnam, Thailand. Beliau juga memiliki koleksi lengkap alat musik se-Nusantara Indonesia dari Aceh sampai Papua. Benda-benda itu disimpan dilantai satu istana ini.

Sang hantu menaiki menara lantai empat untuk melihat koleksi  emas milik raja. Keluar dari lift hantu sudah dihadang manusia penjaga berseragam putih bercelana hitam. "Jangan ambil foto ya," kata manusia itu. "Tenang saja mas," jawab sang hantu. Ruangan lemari kaca dengan backlight warna emas memenuhi pinggiran ruangan panjang itu.

Patung dewa berlapis emas, tombak berlapis emas, kalung, gelang, anting, cincin dan barang-barang lain yang berlapis emas. Di ruangan berlapis emas, semua itu tampak biasa bagi sang hantu. Namun ada benda yang menarik perhatiannya 2 keris yang berdiri diantara keempat keris yang diposisikan tertidur dalam lemari kaca ini.

Keris baru sembah ditemukan di Banjarmasin sebelum tahun 1865. Keris ini berwarna biru tua baik gagang maupun sarung kerisnya. Motif daun menghiasi sisi tengah sarung keris ini. Sedangkan pinggiran sarung keris dihiasi batu berlian bermotif bunga. Namun lebih banyak batu berlian kecil yang telihat pada gagang Keris Baru Sembah. Konon keris ini menjadi bukti seseorang berhak menjadi raja atau penguasa yang patut disembah.

Keris kedua bernama Keris Joko Piturun dari Madura. Keris ini amat mencuri hati karena batu berlian panjang 2 cm dan lebar 1 cm menghiasi sarung keris tersebut. Tak hanya itu, berlian itu dihiasi berlian-berlian setengah ukurannya berjumlah tujuh batu yang membentuk setengah lingkaran diatas berlian utama yang sangat besar.

Konon ketika keraton Pamekasan diserang prajurit Bali, keris ini terbang sendiri dan membunuh prajurit Bali yang mencoba lari ke kapal. Dengan berlian sebesar itu keris ini sendiri ditaksir miliaran rupiahnya. Jika ditambah nilai sejarahnya maka nilainya tak ternilai.

Demikianlah cerita dari hasil kunjungan ke Museum Nasional Jakarta.

Penulis:

Nicholas Rhino

Disclaimer:


Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.

Koki Tewas Digigit Ular Kobra yang Sudah Dipenggal

Posted: 23 Aug 2014 08:36 PM PDT

Kejadian mengejutkan terjadi di sebuah restoran di Kota Foshan, Provinsi Guangdong, China. Suasana dinner atau makan malam pengunjung langsung heboh lantaran ada seorang koki yang tewas digigit ular. Anehnya, ia digigit kepala ular yang sudah dipenggal sekitar 20 menit sebelumnya.

Ketika itu, juru masak bernama Peng Fan itu sedang memasak sup spesial yang berisi daging ular kobra. Pertama-tama, ia memulai mengolah menu khas restoran itu dengan memenggal kepala ular Indochina.

Bagian tubuh dan kepala sudah Peng pisahkan. Namun saat sang koki membuang kepala ular yang sudah berpisah dengan badan 20 menit sebelumnya, ia lantas digigit.

Ular Indochina dikenal memiliki bisa yang mematikan. Nyawa Peng tak terselamatkan, karena racun sudah merasuk ke dalam sel tubuhnya. Tim medis sudah terlambat untuk memberikan vaksin.

Seorang pengunjung, Lin Sun mengaku kaget saat mendengar teriakan seseorang dari dalam dapur. Kemudian ia mendapat kabar ada koki yang digigit ular.

"Kami penasaran apa yang sedang terjadi di sana. Ternyata ada koki digigit ular. Dokter sudah dipanggil, tapi ia tak tertolong. Kami semua waktu itu langsung tak nafsu makan," ujar Lin, seperti dikutip Liputan6.com dari New York Daily News, Minggu (24/8/2014).

Juru bicara kepolisian setempat mengatakan kasus ini sebagai hal yang luar biasa. Tapi hal itu dinilai murni kecelakaan.

"Dia sedang memasak dan tak terduga ia mendapat malapetaka. Tak ada lagi yang bisa dilakukan untuk menyelamatkannya," ujarnya kepada The Mirror.

Ahli ular kobra Yang Hong-Chang mengungkap alasan kenapa ular tersebut masih bisa menggigit sang koki. Dia mengatakan semua jenis kepala reptil masih bisa hidup selama 1 jam meski sebagian atau seluruhnya tubuhnya sudah dipotong.

Ular kobra jenis Indochinese kerap dijadikan salah satu bahan makanan lezat di Asia, termasuk China. Reptil yang ukuran rata-ratanya sekitar lima kaki ini kerap ditemui di negara Asia Tenggara Selain mematikan, bisa ular ini juga bisa dijadikan obat setelah diolah. (Mut)

Tur Rumah Selebriti: Serunya Gaya Kontemporer Rumah VJ Daniel

Posted: 23 Aug 2014 08:35 PM PDT

Dengan perpaduan berbagai gaya, Daniel mengaku, kediaman barunya yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan ini lebih mencerminkan kepribadiannya yang bebas.

Kediaman Daniel tidak memiliki banyak furnitur, didesain secara minimalis, furnitur yang digunakan umumnya juga multifungsi. Selain itu, penataan yang rapi, membuat rumah seluas tiga lantai memanjang ini terlihat luas.

Yuk, intip serunya kediaman Daniel Mananta atau yang akrab disapa VJ Daniel disini.

Jelang Hut SCTV, Pemain GGS Siapkan Penampilan Istimewa

Posted: 23 Aug 2014 08:30 PM PDT

Hari ini SCTV tepat berulang tahun yang ke-24. Dalam rangka merayakan hari ulang tahun salah satu stasiun terfavorit pemirsa ini, SCTV memberikan tayangan spesial untuk para pemirsa setia.

Jelang malam puncak perayaan, beberapa artis pengisi acara tengah menyiapkan penampilan mereka. Hal ini pula yang dilakukan oleh para pemain Ganteng-ganteng Serigala (GGS).

Meski masih pagi, para pemain tetap semangat untuk latihan agar bisa memberikan penampilan teristimewa mereka.

"Aku sih sudah hafal dialognya. Paling ini tinggal latihan sedikit lagi," ujar Prilly Latuconsina di sela-sela latihannya saat berada di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (24/8/2014).

Sinetron GGS memang akan tayang secara langsung di malam puncak perayaan ulang tahun ke-24 SCTV. Tiga set lokasi ciri khas sinetron unggulan SCTV ini telah dipersiapkan seperti latar sekolah dan taman.

Tak hanya para pemain GGS, Cherrybelle dan Smash juga kini sedang mempersiapkan penampilan mereka. Malam puncak perayaan HUT Ke-24 SCTV akan disiarkan secara langsung pukul 19:00 WIB dari Istora Senayan.

Sederet artis ternama seperti Angez Mo, Wali, Last Child, Syahrini, D'Academy, dan Setia Band akan siap menghibur penonton.

Debut Buruk Mantan Winger MU di Sporting Lisbon

Posted: 23 Aug 2014 08:16 PM PDT

Mantan winger Manchester United (MU), Luis Nani menjalani debut yang buruk bersama Sporting Lisbon. Meski Sporting menang 1-0 atas Arouca di Liga Primeira Portugal, Sabtu (23/8/2014), Nani harus menangung malu karena gagal eksekusi penalti.

Sejak awal Sporting sudah menggempur Arouca. Ini sepertinya pelampiasan skuat asuhan Marco Silva karena hanya mampu main imbang lawan Academica pekan lalu.

Nani yang mendapatkan sambutan meriah oleh fans Sporting berusaha untuk tampil memukau. Namun apa boleh buat, bukan kepuasaan yang didapatkan oleh fans tapi kekecewaan.

Puncaknya di menit ke-63 saat Nani mengeksekusi penalti. Entah kenapa Silva langsung memerintahkan Nani sebagai eksekutor meski biasanya penalti diambil oleh Adrien Silva. Tembakannya dengan mudah dibaca kiper Arouca, Mauro Goicoechea.

Tak kunjung membaik, Nani pun akhirnya digantikan winger asal Jepang, Junya Tanaka. Tak salah, Tanaka memberikan assist untuk gol di menit ke-93 yang dicetak Carlos Mane.

Google Hapus Ratusan Game Swing Copters Palsu

Posted: 23 Aug 2014 08:12 PM PDT

Game terbaru Dong Nguyen, Swing Copters, berhasil menarik perhatian berbagai pihak. Bahkan belum seminggu resmi dirilis, ratusan game palsu 'Swing Copters' tampak menyemarakkan toko aplikasi Android, Play Store.

Laman The Guardian, Minggu (24/8/2014) melaporkan, ada ratusan game palsu yang mengecoh para pengguna. Namun tak perlu menunggu lama, Google telah menghapus ratusan kloningan itu.

Ratusan game palsu ini muncul setelah Swing Copters yang meluncur pada 21 Agustus 2014 lalu berhasil mendapatkan popularitas di Play Store. Bahkan, game-game palsu tersebut membuat versi aslinya turun ke peringkat 63 dalam daftar pencarian 'Swing Copters' di Play Store.

Kini pengguna tak perlu lagi pusing mencari versi asli, karena Google telah menghapus semua kloningannya. Swing Copters berada di posisi pertama ketika Anda mengetikkan 'Swing Copters'. Menurut keterangan di Play Store, unduhan game ini berkisar antara 10 ribu-50 ribu kali.

Swing Copters tidak hanya dirilis untuk perangkat Android, tapi juga iPhone pada hari yang sama. Dalam waktu tujuh jam tersedia untuk perangkat iOS, Swing Copters menempati posisi ke-45 game top dan peringkat ke-7 untuk aplikasi iPhone gratis populer di Inggris.

Sebaliknya, Swing Copters justru tidak berhasil bertengger di daftar 300 aplikasi atau game gratis di Play Store Inggris. Hal ini diprediksi karena banyak pengguna yang mengunduh versi palsu sebelum game resminya dirilis.

"Kami menghapus semua aplikasi yang melanggar kebijakan kami, seperti aplikasi ilegal atau yang mengandung unsur kebencian. Kami tidak ingin menanggapi tentang aplikasi tertenu," ungkap juru bicara Google kepada The Guardian.

[Baca juga: Game Penerus Flappy Bird Sudah Bisa Diunduh]

Limbah Darah Sapi Jadi Obat Luka Bakar, Temuan Mahasiswa UGM

Posted: 23 Aug 2014 08:07 PM PDT

 

Reporter: Fathi Mahmud

 

Tidak ada yang mengira jika limbah darah sapi dapat digunakan sebagai obat luka bakar. Ide ini berasal dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM Rahmad Dwi Ardhiansyah, Riefky Pradipta Baihaqie, Muhammad Nuri Nuha Naufal, Muhammad Atabika Farma Nanda dan Aprilia Maharani. Mereka membuat obat luka bakar dari limbah darah sapi dalam bentuk salep.

Mereka mengaku obat luka bakar buatannya sudah diujicobakan pada tikus dan ternyata cukup efektif untuk mengobati luka bakar. Rahmad menceritakan proses uji coba awalnya, tikus diperlakukan terkena luka bakar setelah dianastesi (bius) dan dikenai besi panas. Setelah diberi salep darah sapi, luka bakar tersebut bisa sembuh lebih cepat dibanding dengan obat luka bakar komersial lainnya.

"Selama satu bulan, kita olesi luka tikus ini setiap pagi, siang dan malam, ternyata bisa sembuh kurang dari 21 hari," kata Rahmad Dwi Ardhiansyah saat menyampaikan hasil penelitiannya, seperti ditulis Minggu (24/8/2014).

Obat luka bakar dalam bentuk salep ini melalui beberapa tahap. Setiap darah sapi yang diambil lalu kemudian disentrifugasi (saring/dipisahkan padatan dari cairan). Setelah mendapatkan bagian darah yang diinginkan, dicampur  dengan vaselin album sebagai bahan dasar salep.

Percampuaran dari kedua bahan ini menghasilkan salep yang mereka namakan salep Platelet Rich Plasma (PRP). Menurut Rahmad, dalam darah mengandung platelet. Dari platelet tersebut mengandung 7 macam growth factor penyembuh luka. Faktor penyembuh luka ini selain mempercepat kesembuhan luka tapi juga memiliki kandungan antimikrobial.

Sementara itu Riefky menyebut ide untuk membuat salep dari darah sapi ini saat tengah melakukan kuliah lapangan dan melihat langsung proses pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Giwangan, Yogyakarta.

Setelah menyaksikan langsung banyaknya limbah darah yang dibuang, munculah ide untuk memanfatkan limbah darah tersebut sekaligus mengurangi pencemaran lingkungan di sekitar RPH.

Ia menjelaskan setiap ekor sapi yang dipotong menghasilkan 28 liter limbah darah. Bila setiap Rumah Potong Hewan menyembelih sekitar 20 ekor setiap harinya, diperkirakan tiap tahunnya ada 88 ribu liter limbah darah yang dibuang. "Kita mencoba membuat satu inovasi untuk memproses darah sapi bisa bermanfaat," pungkasnya.

 

Tidak ada komentar: