Sabtu, 16 Agustus 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Nenek 99 Tahun Pecahkan Rekor Dunia Lari 100 Meter

Posted: 16 Aug 2014 09:00 PM PDT

Di usianya yang tergolong senja, seorang nenek asal New York, AS, Ida Keeling (99) berhasil menaklukan rekor dunia dengan lari sepanjang 100 meter.

Melansir laman Dailymail, Sabtu (16/8/2014) Ida sedang dalam kondisi yang baik sehingga ia bisa memecahkan rekor di kelompok usianya. Ia menempuh 100 meter dalam waktu 59,8 detik untuk olimpiade Gay di Akron, Ohio.

Ketika ia mencapai finish, riuh tepuk tangan penonton pun tidak dapat dihindarkan. Pelatih sekaligus putrinya, Shelley Kelling, juga tak bisa menahan air mata dan pergi ke pelukan ibunya.

"Ibu adalah orang yang menakjubkan dan luar biasa," katanya.



Menurut Shelley, Ida mulai berlatih lari sejak 1967 dan mengatakan tidak akan berhenti berlari. Dokter keluarga yang menanganinya juga tidak melarangnya. Ia justru mendorong Ida untuk tetap aktif.

"Selama dua tahun berturut-turut, dokter bilang dia sesehat gadis 20 tahun. Saya pun terkejut. Dokter mengatakan, struktur tulangnya sangat baik," ungkap Shelley.

Selain lari, Ida juga rajin latihan gym dan yoga di Fieldston School, Bronx.


Setelah "Martin Lawrence", Terbitlah "Palchuk"

Posted: 16 Aug 2014 09:00 PM PDT

Dunia gosip Hollywood terkejut bukan main akhir pekan ini setelah kabarnya aktris Jennifer Lawrence diam-diam berkencan dengan musisi Chris Martin.

Meski baru sebatas gosip yang belum dikomnfirmasi kenbenaranya, pasangan ini segera punya julukan lucu: "Martin Lawrence" yang merupakan gabungan dari nama Chris Martin dan Jennifer Lawrence. [baca: Jennifer Lawrence dan Chris Martin Pacaran?]

Nah, setelah "Martin Lawrence" rasanya sebutan "Palchuk" juga bakal terkenal.

Di tengah gosip kedekatan Martin dekat dengan Lawrence, sang mantan istri yang kini hidup terpisah, Gwyneth Paltrow juga tampaknya sudah punya tambatan hati baru. Paltrow kabarnya mengencani produser serial Glee Brad Falchuk. Dari Paltrow dan Falchuk jadilah "Palchuk".

Dibanding Martin Lawrence, Palchuk malah sudah lebih dulu terlihat di publik. Dilaporkan People, Sabtu (16/8/2014), Paltrow, 41 tahun, sudah terlihat beberapa kali menghabiskan waktu bersama Falchuk, 43 tahun. Bulan Juli kemarin, sejoli yang sudah kenal lama sebagai teman ini liburan bareng di Utah.

Kemudian, beberapa minggu lalu, bintang peraih Oscar dan produser serial TV ini kencan makan bareng masakan Vietnam di restoran East Borough di Culver City, California, kata seorang saksi mata pada People. [baca: Lupakan Chris Martin, Gwyneth Paltrow Makin Dekat dengan Pria Ini]

Gwyneth Paltrow sudah kenal lama dengan Brad Falchuk. Sejak 2010, sang aktris beberapa kali dalam serial `Glee` yang diproduseri Falchuk. Di serial musikal itu Paltrow berperan sebagai Holly Hollyday. Peran itu membawa Paltrow meraih Emmy Awards tahun 2011.

Falchuk saat ini sudah bercerai Maret tahun lalu dengan seorang wanita bernama Suzanne setelah 10 tahun menikah. Sedangkan Paltrow, yang juga sudah menikah 10 tahun dengan Chris Martin, memutuskan berpisah Maret tahun ini. (Ade)

Meterai Lama Masih Digunakan Hingga 31 Maret 2015

Posted: 16 Aug 2014 09:00 PM PDT

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak menerbitkan meterai tempel baru desain 2014 untuk menggantikan meterai desain tahun 2009.

"Meterai tempel desain tahun 2014 ini mulai berlaku pada 17 Agustus 2014. Ini sesuai dengan peraturan Menterai Keuangan Nomor 65/PMK.03/2014 pada 21 April 2014 tentang bentuk, ukuran, dan warna benda meterai," ujar Pejabat Pengganti Direktur Transformasi Proses Bisnis Direktorat Jenderal Pajak, Wahyu K.Tumakaka, dalam keterangan yang diterbitkan, Minggu (17/8/2014).

Untuk gambaran, meterai tempel desain tahun 2014 berwarna biru untuk nominal Rp 3.000 dan hijau untuk nominal Rp 6.000. Pada meterai desain baru terdapat hologram di bagian kiri meterai tempel desain baru, sedangkan di meterai lama tidak terdapat hologram.

Perforasi bentuk bintang ada di sebelah kiri meterai desain baru sedangkan pada meterai lama ada di sebelah kanan.
Di bagian bawah meterai desain baru terdapat motif rosette yang dapat berubah warna jika dimiringkan di sudut tertentu dengan perubahan warna hijau ke biru untuk nominal Rp 3.000 dan magenta ke hijau untuk nominal Rp 6.000.

Bagi masyarakat yang masih memiliki meterai lama desain tahun 2009, meterai tersebut tidak dapat ditukarkan dengan meterai desain 2014 yang baru. Akan tetapi meterai lama tahun 2009 masih dapat digunakan hingga 31 Maret 2015. (Fik/Ahm)

Riwayat Mikrofon Bung Karno saat Bacakan Teks Proklamasi

Posted: 16 Aug 2014 08:44 PM PDT

Sukarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumahnya, Jl Pegangsaan Timur No. 46, Jakarta. Mohammad Hatta mendampingi. Sukarno "dibantu" sebuah mikrofon, agar suaranya terdengar jelas oleh puluhan hadirin.

Mikrofon itu bukan milik Sukarno. Bukan pula milik pemerintah Jepang. Mikrofon tersebut adalah milik Gunawan, pemilik Radio Satrija yang tinggal di Jalan Salemba Tengah 24, Jakarta.

"Mikrofoon tersebut adalah hasil buatan sdr. Gunawan sendiri. Baik “corong”nya, maupun “stardard”-nya. Baik “Vesterker”nya, maupun “band”nya, juga dibuat dari “zilverpapier”, selubung rokok. Semuanya itu adalah hasil kecerdasan otak dan keterampilan tangan seorang Indonesia, yang bernama Gunawan itu, " tulis Sudiro dalam buku Pengalaman Saya Sekitar 17 Agustus 1945.

Sudiro bercerita, pada 17 Agustus pagi, ada 2 orang datang ke rumah Gunawan, yaitu Wilopo dan Nyonoprawoto, dengan menggunakan mobil. Mereka datang untuk meminjam mikrofon tapi tak menjelaskan untuk apa benda tersebut dipinjam.

Karena Wilopo dan Njonoprawoto tidak bisa memasang mikrofon sendiri, Gunawan meminta seorang anggota keluarganya, seorang pemuda yang juga cukup ahli untuk ikut ke Pegangsaan Timur.

"Baru di dalam mobil itulah, Sdr. Sunarto-- demikianlah nama pemuda itu -- diberi tahu bahwa mikrofoon itu akan diperlukan guna Proklamasi Kemerdekaan," lanjut Sudiro yang saat itu adalah sekretaris Ahmad Subardjo, staf di Kaigun Bukanfu (kantor perwakilan Angkatan laut Jepang).

Mikrofon itu sempat dibawa Gunawan saat pindah ke Solo pada 1946. Tiga tahun kemudian, benda bersejarah itu kembali ikut saat Gunawan dan keluarganya kembali ke Jakarta.

Pada 1960, mikrofon itu diminta Sekjen Kementerian Penerangan Harjoto untuk disimpan di Monumen Nasional (Monas).

8 Data dan Fakta Menarik Liverpool vs Southampton

Posted: 16 Aug 2014 08:40 PM PDT

Liverpool akan memulai Liga Premier Inggris musim 2014-15 dengan menjamu Southampton di Stadion Anfield, Minggu (17/8/2014). Ada delapan fakta menarik soal pertandingan tersebut.

Melihat kondisi saat ini, semua pemain The Reds (sebutan Liverpool) sudah siap tempur. Tiga mantan pemain Southampton, Ricky Lambert, Dejan Lovren dan Adam Lallana juga siap bermain.

Meski ditinggal dua pemain pilarnya ke Anfield, tim asuhan Ronald Koeman bukan klub kacangan. Pasalnya, Southampton masih memiliki kiper Fraser Forster, Ryan Bertrand, Saphir Taider, Graziano Pelle hingga Shane Long. Semua pemain yang disebutkan dalam top performance untuk mencuri angka di Merseyside.

Southampton berniat mengulangi kemenangan mereka di Anfield pada musim lalu. Ketika itu, The Saint (sebutan Southampton) menang 1-0 berkat gol tunggal Dejan Lovren, kini menjadi pemain Liverpool.



Berikut data dan fakta menarik pertandingan Liverpool kontra Southampton:

Pertama: Musim lalu, kemenangan 1-0 atas Stoke City adalah kemenangan pertama Liverpool di laga pembuka Liga Premier Inggris dalam lima musim terakhir (sisanya: 2 imbang, 2 kalah).

Kedua: Tujuh dari delapan pertandingan perdana Southampton di Liga Inggris dilangsungkan di kandang lawan. Mereka hanya menang dua kali dari tujuh laga terakhir itu (sisanya: 2 imbang 3 kalah).

Ketiga: Southampton menang 1-0 dalam lawatan ke Anfield musim lalu di Premier League. Dejan Lovren, yang kini jadi pemain Liverpool, mencetak gol kemenangan.

Keempat: Penyerang baru Liverpool, Rickie Lambert, mencetak 28 gol dalam dua musim terakhir di Premier League. Catatan itu lebih banyak dari pemain The Saints yang lain.

Kelima: Steven Gerrard menuntaskan musim 2013/2014 sebagai penyumbang assist terbanyak (13). Kini dia ada di urutan nomor empat penyumbang assist terbanyak sepanjang sejarah Premier League dengan jumlah 91 assist.

Keenam: Liverpool melepaskan 258 tembakan tepat sasaran musim lalu, lebih banyak dari tim-tim lain di Premier League.

Ketujuh: Gol-gol Daniel Sturridge musim lalu membawa Liverpool merebut 20 poin; lebih banyak dari pemain lain di tim itu.

Kedelapan: Liverpool finis di posisi kedua (2008/2009), mereka menuntaskan musim berikutnya di luar enam besar (posisi 7).

BI Batasi Jatah Uang NKRI untuk Perbankan

Posted: 16 Aug 2014 08:40 PM PDT

Bank Indonesia (BI) menyatakan telah siap mengedarkan uang pecahan Rp 100 tahun emisi 2014. Namun hal itu akan secara resmi dikenalkan pada 18 Agustus 2014 mengingat kantor kas perbankan hari ini tutup.

Mengingat uang NKRI ini masih terbatas Bank Indonesia mengaku telah membatasi kuota bagi para perbankan untuk berpartisipasi dalam pendistribusian uang yang dinamai 'Negara Kesatuan Republik Indonesia' (NKRI) ini.

"Iya, ini sementara begitu, kalau tidak dijatah takutnya nanti distribusinya tidak merata," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara kepada Liputan6.com, Minggu (17/8/2014).

Sayangnya Tirta belum dapat mengungkapkan apa saja kriteria perbankan sehingga dapat mendapatkan jatah pendistribusian uang NKRI kepada masyarakat.

"Saya kurang paham persis jumlah dak kriteria masing-masing bank, yang jelas itu dibatasi," tegasnya.

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk mengaku hanya mendapatkan jatah pendistribusian uang emisi baru 2014 atau lebih sering disebut uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebanyak Rp 3 miliar.

"Kami hanya dapat Rp 1 miliar dari Bank Indonesia untuk pecahan 100 ribu, jadi belum bisa didistribusikan banyak," kata Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja.(Yas/Ahm)

Pidato Kemerdekaan RI, Jokowi Ajak Warga Tak Pantang Menyerah

Posted: 16 Aug 2014 08:38 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi inspektur upacara memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-69 Republik Indonesia di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas). Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan bahwa tema peringatan hari kemerdekaan kali ini berkaitan dengan pesta Demokrasi, yaitu pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014.

"‎Tema peringatan ulang tahun kemerdekaan ini adalah dengan semangat proklamasi kita dukung suksesi pemilu demi kelanjutan Indonesia yang maju dan sejahtera," ujar Jokowi dalam pidatonya selaku inspektur upacara, Minggu (17/8/2014).

Menurut Jokowi, pelaksanaan pemilu yang akan menghasilkan suksesi kepemimpinan tersebut akan berdampak pada pembangunan ekonomi, sosial dan bidang-bidang lainnya. Karena itu, ia meminta agar seluruh warga Jakarta turut menyukseskan prosesi pilpres 2014 sebagai bagian dari proses transisi demokrasi di Indonesia.

"15 tahun memasuki era reformasi, kita kini memantapkan transisi demokrasi, telah banyak kemajuan, tapi proses ini belum selesai, sehingga kita harus terus memantapkan transisi demokrasi dan ini harus terus kita sempurnakan," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan terimakasih kepada warga Jakarta yang telah turut mensukseskan prosesi pilpres yang ditunjukkan dengan tingginya tingkat partisipasi warga Jakarta yang hadir di tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya.

"Hak pilih warga DKI Jakarta dalam pemilu tahun ini mencapai 72 persen. Atas pencapaian itu pemerintah DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang memberikan kontribusi dalam pemilu, sehingga pemilu kita tahun ini diselenggarakan dalam keadaan aman," ucap Jokowi.

"Saya ucapkan selamat merayakan ulang tahun kemerdekaan RI. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan lahir batin untuk membangun RI dan membangun Jakarta yang kita cintai bersama," lanjutnya.

Jokowi pun tak lupa berpesan, di hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 69 ini, agar warga Jakarta terus mengenang jasa pahlawan dan melanjutkan perjuangan dengan menanamkan jiwa patriot para pejuang dalam diri masing-masing untuk selalu pantang menyerah dalam membangun bangsa.

"Merdeka! Hikmah terbesar adalah melestarikan nilai perjuangan untuk membangun bangsa yang sejahtera. Dengan semangat partiotisme kita akan maju pantang menyerah," tutup Jokowi. (Sun)

Fenita Arie Rayakan HUT RI di Monas

Posted: 16 Aug 2014 08:30 PM PDT

Fenita Arie memilih untuk merayakan hari ulang tahun kemerdekaan di Monumen Nasional (Monas). Ia berencana untuk mengajak serta Arie Untung, sang suami, beserta dua anaknya, Fathir Gavin Daffa dan Aisyah Mikhaila.

Bukan tanpa sebab presenter berusia 26 tahun itu memilih Monas sebagai lokasi untuk merayakan HUT RI bersama keluarga. Sebab, di lokasi tersebut, Fenita bisa memberikan banyak pemahaman soal arti kemerdekaan kepada anak-anaknya.

"Paling aku sama anak-anak ke Monas, di sana bisa lihatin acara-acara dan biasanya di RT aku ikutin acara-acara biar mereka tahu cara merayakan hari ulang tahun kemerdekaan," ucap Fenita saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (16/8/2014).

Dengan cara semacam itu, Fenita bisa lebih menularkan semangat nasionalisme kepada anak-anaknya. Di momen hari kemerdekaan, Fenita tak mau memanjakan anak untuk sekedar jalan-jalan di pusat perbelanjaan.

"Kadang aku ajak ke museum untuk lihat sejarah Indonesia seperti apa. Itu cara aku untuk ajak mereka supaya nasionalismenya meningkat lagi, bangga sama negara dan bangsanya," ungkap dia.

Tak lupa, dalam perjalanan nanti, Fenita juga akan memantau perlombaan yang digelar oleh masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT RI. Ia juga akan mendaftarkan kedua anaknya untuk mengikuti perlombaan bersamanya.

"Kalau ada acara perlombaan dan aku sama anak-anak biasanya ikut gabung, jadi ikatan anak dan orangtua juga terasa kan disitu," tutupnya.(Gie/Feb)

Penjarahan Merajalela, Status Darurat Diberlakukan di Missouri AS

Posted: 16 Aug 2014 08:29 PM PDT

Gubernur Negara Bagian Missouri, Amerika Serikat Jay Nixon Sabtu waktu setempat mengumumkan status darurat, dan memberlakukan jam malam -- dari tengah malam hingga pukul 05.00 -- di Ferguson, kota di mana polisi menembak pemuda kulit hitam tak bersenjata yang memicu protes dan an penjarahan sporadis.

"Saya berkomitmen memastikan kekuatan perdamaian dan keadilan menang," kata Gubernur Nixon dalam sebuah pertemuan, seperti Liputan6.com kutip dari CNN, Minggu (17/8/2014). "Jika kita ingin mencapai keadilan, pertama-tama kita harus memiliki dan memelihara perdamaian."

Namun pertemuan yang diadakan di sebuah gereja lokal penuh gejolak. Warga yang marah berkali-kali menginterupsi pidato Pak Gubernur. "Anda harus mengenakan dakwaan pembunuhan pada polisi itu," teriak warga. "Kami menuntut keadilan," seru yang lain.

Sejumlah warga berpendapat bahwa aparat keamanan lah yang memicu kekerasan dengan taktik mereka yang mirip operasi militer.

Pejabat State Highway Patrol, Kapten Ron Johnson, yang bertanggung jawab atas keamanan kota memuji penduduk setempat yang mencoba untuk menghentikan sejumlah aksi penjarahan Sabtu pagi. Ia juga mengatakan, penegak hukum tak akan bersikap represif dalam menegakkan jam malam. "Tak akan ada truk polisi yang akan dikerahkan, tak akan ada gas air mata," kata dia.

Namun, ada juga warga yang skeptis tentang bagaimana jam malam akan diberlakukan. "Itu adalah hal yang sangat intimidatif. Pada dasarnya  menekan orang-orang yang masih memiliki pertanyaan dan membutuhkan jawaban," kata Carissa McGraw.

Semua bermula saat Michael Brown tewas pekan lalu.

Kota Ferguson, yang berpenduduk 22 ribu orang guncang pada 9 Agustus 2014 lalu, saat polisi kulit putih yang diidentifikasi sebagai Darren Wilson menembak pemuda 18 tahun itu hingga tewas di jalanan pada siang bolong.

Informasi terkait insiden siang itu simpang siur. Pihak polisi mengatakan, Brown terlibat perkelahian dengan petugasnya dan berusaha merampas senjata. Sementara, sejumlah saksi mata mengatakan, Brown mengangkat tangannya dan tak menyerang polisi itu.

Sejak saat itu, Ferguson dilanda kecemasan, protes jalanan berlangsung hampir setiap saat, aparat bersenjata lengkap dikerahkan, wartawan datang dari segala penjuru.

Sebuah perkembangan baru dalam penyelidikan muncul Sabtu kemarin, ketika seorang pengacara keluarga Brown, Anthony Gray, mengatakan bahwa Michael Baden akan melakukan otopsi kedua pada tubuh korban. Baden adalah ahli patologi level atas yang bersaksi di sidang OJ Simpson, Phil Spector, dan Drew Peterson.

Sabtu pagi, sebelum matahari terbit, kedamaian terkoyak saat penjarah menargetkan sejumlah toko. Aparat yang berjaga hanya memantau, tak melakukan intervensi apapun.

Sejumlah pengunjuk rasa berusaha menghentikan penjarahan tersebut, dengan berdiri di depan sebuah toko. Polisi yang sebelumnya dikritik karena bertindak represif terhadap para demonstran, kini kembali dihujat para pedagan karena dianggap tak berusaha menghentikan penjarahan.

Siangnya, saat polisi mengumumkan bahwa  Wilson menembak Brown seminggu sebelumnya - pengunjuk rasa di luar kantor polisi diam-diam mengangkat tangan mereka ke udara, meniru tindakan korban tepat sebelum ia meninggal.

Pemimpin hak-hak sipil, Jesse Jackson juga ikut bergabung dalam protes massa, membawa poster bertuliskan, "Mike Brown adalah anak kami" dan "Seluruh Dunia Mengawasi Ferguson"

Mereka meneriakkan "Angkat tangan, jangan tembak" dan "Hey hey, ho ho, polisi pembunuh harus pergi." (Riz)

Ini Dia Tampilan Meterai Baru Rp 6.000 dan Rp 3.000

Posted: 16 Aug 2014 08:28 PM PDT

Pemerintah meluncurkan meterai tempel baru desain tahun 2014 bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2014. Peluncuran meterai  tempel baru ini dilakukan setelah lima tahun.

Direktorat Jenderal Pajak meluncurkan meterai tempel baru desain tahun 2014 sebagai pengganti meterai tempel yang lama desain tahun 2009. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari dan mencegah tindakan pemalsuan atau penggunaan meterai bekas pakai.

Adapun ciri-ciri meterai tempel desain tahun 2014 antara lain mengutip dari keterangan yang diterbitkan Minggu (17/8/2014):

1. Meterai nominal Rp 3.000 memiliki warna biru, dan warna hijau untuk nominal Rp 6.000.

2. Pada meterai desain baru terhadap hologram di bagian kiri meterai tempel. Sedangkan di meterai lama tidak terdapat hologram.

3. Perforasi bentuk bintang ada di sebelah kiri meterai desain baru sedangkan pada meterai lama ada di sebelah kanan.

4. Di bagian bawah meterai desain baru terdapat motif rosette yang dapat berubah warna jika dimiringkan di sudut tertentu dengan perubahan warna hijau ke biru untuk nominal Rp 3.000, dan magenta hijau untuk nominal Rp 6.000. (Fik/Ahm)

Tidak ada komentar: