Kamis, 21 Agustus 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Korban Luka Pendukung Prabowo Akibat Bentrok

Posted: 21 Aug 2014 09:05 PM PDT

Petugas medis mengobati korban luka akibat pembubaran paksa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, (21/8/214). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Waspada, 5 Modifikasi Ini Bikin Motor Boros Bensin

Posted: 21 Aug 2014 09:05 PM PDT

Sebagai motor milik pribadi, modifikasi memang sah-sah saja dilakukan untuk membuat sepeda motor lebih berkarakter sesuai pemiliknya. Namun, bila asal ngoprek dan mengabaikan efisiensi bahan bakar, jangan kaget bila roda besi Anda jadi lebih haus mengonsumsi bahan bakar.

Jika Anda tetap kukuh untuk memodifikasi tunggangan Anda, maka perhatikan beberapa hal berikut. Agar Anda lebih awas dalam melakukan modifikasi, berikut lima penyebab cepat terkurasnya isi tangki bahan bakar:

Knalpot

Komponen ini menjadi salah satu biang keladi dari borosnya konsumsi bensin. Namun nyatanya, banyak pemilik kendaraan yang kurang menyadari jika knalpot punya kontribusi cukup besar dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar ataupun sebaliknya (bikin boros).

Umumnya, untuk alasan 'gagah-gagahan', pemilik sepeda motor kerap mengganti sistem pembuangan standar dan beralih ke tipe racing. Selain itu, mengubah pengaturan spuyer lebih tinggi pada karburator membuat pasokan bensin turut mengucur deras.

Tak hanya itu, membobok sekat saringan maupun tabung dalam knalpot juga membuat sepeda motor menjadi lebih boros. Sebab, dengan membobok saringan, knalpot akan minim desakan gas buang dan menurunkan daya balik. Oleh sebab ini, dorongan piston akan berkurang dan berakibat pada meningkatnya konsumsi BBM.

Komponen Aus

Tak hanya motor modifikasi yang potensial mengonsumsi bensin secara tidak wajar. Roda dua yang dalam keadaan standar pabrikan pun tak luput dari masalah ini.

Nah, biasanya apabila efisiensi bahan bakar tidak sehemat sedia kala, perhatikan beberapa komponen yang mungkin dalam kondisi aus, termasuk bantalan roda, busi, atau kopling.

Korek Blok

Nah, komponen ini biasanya menjadi sasaran bagi pemilik sepeda motor yang suka ngebut. Namun, apabila kendaraan digunakan untuk kebutuhan harian, sebaiknya tak usah repot-repot mengopreknya.

Pembesaran inflet, lubang transfer dan sejumlah komponen lainnya potensial menyebabkan sedotan bensin ke ruang bahan bakar lebih besar.

Gir berat

Mengganti sproket dengan perbandingan yang lebih berat turut menyebabkan pemborosan pemakaian bahan bakar. Untuk itu, pastikan tetap menggunakan rasio sproket pabrikan agar efisiensi sepeda motor terjaga.

Blayer Gas

Aspek ini lebih menitikberatkan pada perilaku berkendara. Banyak dari pengendara yang tidak sadar, memutar gas berulang-ulang membuat bahan bakar menguap percuma. Tak hanya itu, perilaku ini juga tak jarang malah menimbulkan polusi suara yang tak perlu dan menggangu kenyamanan pengendara lain.(Gst/Des)

Memaksimalkan Lahan dengan Kebun Gizi Keluarga

Posted: 21 Aug 2014 09:00 PM PDT

Untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, RZ kembali menginisiasi program Kebun Gizi di Kampung Parang Makassar. Kebun Gizi merupakan program pemanfaatan lahan sebagai akses pemenuhan kebutuhan gizi keluarga yang terjangkau. Sebelumnya program ini telah diimplementasikan di Yogyakarta dan menuai hasil yang baik.

“RZ akan terus mengembangkan program Kebun Gizi yang awalnya hanya di Yogyakarta sekarang terus kami sebar hingga ke Makasar. Hal ini sebagai bentuk kontribusi RZ untuk Indonesia lebih baik,” tambah Henny, Kamis (21/08).

Awal tahun ini Kebun Gizi mendapat penghargaan dari Indonesia MDG Award (IMA) 2013 untuk kategori nutrisi. Henny Widiastuti, Chief Program Officer RZ menuturkan bahwa program Kebun Gizi selaras dengan tujuan pembangunan millennium yakni menanggulangi kelaparan dan kemiskinan, sekaligus dalam rangka melestarikan lingkungan hidup.


Sepanjang bulan Juli 2014, RZ bersama mitranya yakni Cita Sehat Foundation (CSF) telah berhasil membina 25 kelompok pegiat Kebun Gizi di seluruh cabang RZ. “Alhamdulilah program ini terus memberi banyak manfaat bagi para pegiatnya. Harapannya program ini dapat menjadi solusi yang baik untuk beberapa daerah yang tercatat memiliki banyak warga yang kekurangan gizi,” ungkap Direktur CSF, Dian Chaerani.

Sebagai pengembangan dari program Kebun Gizi ini, tim RZ bersama Cita Sehat Foundation sedang mengembangkan Program Akademi Bergizi, yaitu program pembinaan masyarakat yang berfokus pada peningkatan gizi keluarga.

“Dalam Akademi Bergizi kami mengumpulkan para pegiat, volunteer, kader posyandu, dan masyarakat umum agar lebih peduli terhadap ketahanan pangan saat ini,” tutur Dian. Program Akademi Gizi menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk berbagi pengalaman dan ilmu yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

Pengirim:

Sari Asih

Twitter: @sayasih

Disclaimer:
Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.

Meski Hamil dan Derita ALS, Wanita ini Ikut Mandi Es

Posted: 21 Aug 2014 09:00 PM PDT

Seorang calon ibu, Amanda Bernier, di Amerika Serikat yang sedang hamil enam bulan dan juga menderita ALS ikut Ice Bucket Challenge yang telah dimodifikasi demi mendukung kampanye dan pengumpulan dana untuk menyembuhkan penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang juga dikenal dengan nama penyakit Lou Gehrig.

Dalam laman Facebook-nya yang bernama Amanda's Angels - ALS memamerkan upaya Ice Bucket Challenge (IBC) dalam video berdurasi 42 detik. Tak seperti IBC lain yang mengguyurkan seember air es di kepala, Amanda melakukannya dengan cara berbeda seperti dilansir Shoreline Times, Jumat (22/8/2014).

Pengambilan gambar dilakukan dalam sebuah ruangan di Rumah Sakit Yale-New Haven. Sambil duduk di kursi, Amanda berulang kali menghirup udara dari selang oksigen. Baru kemudian kaki Amanda yang awalnya berada di luar lalu dimasukkan ke dalam air es dibantu perawat rumah sakit.

Ia juga menyertakan bunyi detak jantungnya yang mendadak berubah lebih cepat akibat perubahan ekstrim ini."Ini cukup dingin," katanya dalam video tersebut sambil meringis dan tersenyum.

Ia berharap video ini bisa membuat orang-orang tergerak untuk memberikan dana untuk ALS Connecticut Chapter. "Mereka telah berbuat luar biasa untuk saya, ... ini untuk membantu menemukan obat untuk pasien ALS di masa depan," ucapnya.

Sejak kehamilannya yang berisiko tinggi, Amanda terus diawasi secara ketat sebagai pasien rawat inap di rumah sakit Yale-New Haven.

Rambut Baru Agnes Monica Dibilang Mirip Anggun, Masa Sih?

Posted: 21 Aug 2014 09:00 PM PDT

Baru-baru ini, ada yang berbeda dengan penampilan Agnes Monica atau yang kini memiliki nama panggung Agnez Mo. Apakah itu?

Menelusuri akun Instagram Agnezmo milik Agnes Monica, kita bisa melihat bahwa sang penyanyi bersuara emas itu saat ini telah mengubah gaya rambutnya.

Jika biasanya ia mengikat atau hanya memanjangkan rambutnya sebatas bahu dengan bentuk sedikit ikal. Kini Agnes membiarkan rambutnya memanjang dan tergerai lurus hingga mencapai bagian dada.

Rambut barunya itu menimbulkan kesan bahwa Agnes Monica merasa lelah dengan penampilan lama yang bisa saja dianggapnya terlalu sporty atau maskulin. Sehingga, ia pun kini ingin terlihat lebih feminim.

Salah satu follower Agnes di Instagram mengatakan bahwa rambut barunya itu hampir mirip dengan Anggun C Sasmi, diva asal Indonesia yang namanya sudah sangat harum di dunia.

"Mirip rambut @anggun_cipta yaa... hitam belah tengah," ketik pemilik akun asrr_danz. Uniknya, ada juga yang bercanda dengan mengetik, "MIRIP RAMBUT @siwon1987 kelleeessss.... ;)"

Gaya rambut lurus dan panjang Agnes, tentunya menimbulkan banyak pujian dari para penggemar pria maupun wanita. Bahkan, fans wanita pun tidak segan-segan menyatakan kalau Agnes kini semakin cantik yang juga dituangkan kepada akun Instagram Agnes. Apakah Anda juga berpendapat demikian?

Agnes Monica yang sedang berkarier di Amerika Serikat, kini sudah berada Indonesia. Ia juga berniat untuk tampil bersama salah satu grup ternama asal Korea Selatan, Super Junior-M.(Rul/*)

Jokowi Pastikan Penjajakan dengan PAN dan Demokrat Dipercepat

Posted: 21 Aug 2014 08:59 PM PDT

Presiden Terpilih Joko Widodo memastikan penjajakan dengan dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat akan dipercepat, usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Prabowo-Hatta terkait sengketa Pilpres 2014.

"Akan dipercepat," ucap pria yang karib disapa Jokowi itu di Balaikota Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Saat ini, menurut mantan Walikota Surakarta itu, pihaknya sedang dalam tahap pembahasan dengan kedua partai politik yang masing-masing dipimpin Hatta Rajasa dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. "Masih proses," ujar Jokowi.

Dua hari yang lalu, ia mengungkapkan 2 partai dalam barisan Koalisi Merah Putih itu kemungkinan besar akan menyeberang dan mengalihkan dukungan kepadanya.

"Nih, saya omong apa adanya. Kemungkinan PAN dan Partai Demokrat (bergabung dalam barisan koalisi). Itu kemungkinan," ujar Jokowi.

Menurut mantan Walikota Solo tersebut, dua Partai tersebut saat ini tengah melakukan penjajakan yang mengarah pada koalisi dan kerja sama dalam mendukungnya, baik itu di pemerintahan maupun di parlemen. "Ya, ini masih proses, semoga segera rampung," ucapnya.

Bila 2 partai tersebut merapat dalam barisan Jokowi-JK, dapat dipastikan kekuatan Jokowi-JK di pemerintahan maupun di parlemen akan bertambah, terlebih saat pemilu legislatif lalu, PAN dan Demokrat meraih suara cukup signifikan. Demokrat meraih 10,19 persen suara, PAN meraup 7,59 persen.

Listrik Sejumlah Wilayah Jakarta Padam Karena Ada Galian Liar

Posted: 21 Aug 2014 08:54 PM PDT

PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) mengaku telah melakukan penghentian sementara arus listrik, karena terjadi gangguan yang disebabkan galian liar.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Dijaya  Roxy Swagerino mengatakan, galian liar tersebut mengganggu  sisi penghantar Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kilovolt (kV).

"Gangguan tersebut disebabkan adanya pekerjaan galian tanpa ijin di sekitar Jalan Kemanggisan yang menyentuh kabel PLN sehingga kabel tersebut tidak berfungsi," kata Roxy, di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Roxy menyebutkan wilayah yang mengalami penghentian aliran listrik meliputi sekitar daerah Karet, Benhil, Petamburan, Pejompongan, dan Palmerah.

"Memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggan PLN  sehubungan dengan penghentian sementara aliran listrik," ungkapnya.

Menurut Roxy, saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan PLN masih mencari pihak yang bertanggung jawab atas pekerjaan galian tersebut karena saat dicek ke lokasi, pekerja sudah meninggalkan tempat dan hanya menyisakan peralatan kerja.

"Menurut informasi dari warga sekitar, pekerjaan galian dimulai pada Kamis (21/08) pukul 20.00 WIB," tuturnya.
 
Untuk mengatasi pemadaman tersebut, saat ini PLN melakukan manuver jaringan yang memasok ke daerah yang mengalami gangguan untuk memperkecil daerah padam.

"Selain itu PLN juga menyiagakan trafo bergerak 30 MVA di daerah yang terkena dampak padam. Bagi pelanggan yang memiliki genset, dimohon untuk mengaktifkan gensetnya dan mengurangi pemakaian energi listrik antara lain mematikan minimal 2 titik lampu dan mengatur suhu AC menjadi 26 derajat Celcius," pungkasnya. (Pew/Ndw)

Owen Senang Balotelli Balik Lagi ke Inggris

Posted: 21 Aug 2014 08:52 PM PDT

Michael Owen menyambut gembira akan bergabungnya pemain AC Milan, Mario Balotelli, ke Liverpool. Mantan penyerang The Reds itu, menilai, keputusuan pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, sudah tepat.

Diyakini Owen, Balotelli tidak akan memberikan masalah di internal klub karena Rodgers akan mampu meredam emosinya. "Akan menyenangkan melihat Balotelli kembali ke Liga Primer Inggris," tulis Owen di Sportlobster, Jumat (22/8/2014).

"Tak ada yang meragukan bakatnya, dan saya yakin Brendan Rodgers akan membuatnya bisa menjaga diri setelah melihat apa yang dilakukan Suarez di klub sebelumnya," kata Owem. "Nilai 16 juta poundsterling akan menjadi pembelian yang bagus," lanjutnya.

Sejauh ini Liverpool belum mengumumkan secara resmi transfer Balotelli ke Anfield dari Milan karena masih ada sejumlah kesepakatan yang harus dituntaskan. Balotelli diperkirakan resmi menjadi pemain The Reds pada hari Jumat 22 Agustus 2014.

Sebelumnya, jurnalis ternama Italia, Gianluca Di Marzio, mengabarkan bila Balotelli akan menjalani tes medis di Anfield pada hari Jumat ini. Setelah lolos tes medis, Liverpool akan meresmikan kepindahan penyerang bengal ini.

Milan dan Liverpool diyakini sudah menyepakati nilai transfer eks pemain Inter itu. Liverpool harus membayar mahar sebesar 20 juta euro ditambah bonus untuk bisa memiliki Balotelli.

RI Jagokan 20 Komoditas untuk Berbisnis dengan China

Posted: 21 Aug 2014 08:50 PM PDT

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) menyatakan masih mendata 10 sampai 20 komoditas unggulan untuk mendongkrak kerjasama perdagangan dengan China.

"Kami bersepakat tadi untuk mencoba menginventarisasi 10-20 komoditas penting yang diproduksi Indonesia dan dibutuhkan China, begitu juga sebaliknya," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung setelah bertemu Duta Besar China seperti ditulis Jumat (22/8/2014).

Jika selama ini Kemenko tak terjun langsung memantau perkembangan ekspor komoditas, menurut CT kini pihaknya akan lebih masuk ke wilayah tersebut. Dia mengaku akan menggali potensi keuntungan dari ekspor ke China.

"Itu juga akan memberikan perhatian secara khusus terhadap komoditas-komoditas yang disepakati dengan begitu akan terjadi pendalaman dari pada ekspor kita ke China. Dan itu pasti menguntungkan kedua negara juga," ungkapnya

Chairul mencontohkan, salah satu komoditas itu seperti minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO). "Contohnya seperti itu. Kalau dari kita komoditas-komoditas alam,"tuturnya.

Tak hanya itu, dalam pertemuan tersebut Chairul juga menyetujui untuk menjadikan Indonesia sebagai target investasi China. Lebih lanjut dia menerangkan, selama ini China belum melakukan investasi besar-besar ke Indonesia. Investasi China banyak dilimpahkan ke negara lain seperti Afrika.

Chairul mengatakan, investasi tersebut berlangsung dalam waktu dekat. Dia pun mencontohkan, China mengutarakan keinginannya buat membangun sebuah kawasan ekonomi khusus di Indonesia yang mencakup pelabuhan dan kawasan industri.

"Jadi dia akan bangun keseluruhan dari pelabuhan dari kawasan industrinya satu kompleks. Saya tanya berapa butuh tanahnya? Dia bilang akan konsultasi dulu. Awal September dia akan kembali ke saya untuk membicarakan detil. Ini contoh satu. Mereka siap termasuk investasi infrastruktur," tutup Chairul. (Amd/Ndw)

* Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Wajah Ceria Jokowi-JK Saat Gugatan Prabowo Ditolak

Posted: 21 Aug 2014 08:49 PM PDT

Jokowi dan JK mengadakan jumpa pers terkait hasil putusan MK, Jakarta, Kamis (21/8/2014) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tidak ada komentar: