Minggu, 17 Agustus 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dahlan Iskan: Karen Sudah Berkali-kali Minta Mundur

Posted: 17 Aug 2014 09:00 PM PDT

Karen Agustiawan akhirnya mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mulai 1 Oktober 2014. Keputusan itu akhirnya direstui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang sudah berkali-kali menolak permintaan Karen tersebut.

"Memang betul bahwa Dirut Pertamina mengundurkan diri dan sebetulnya Ibu Karen sudah berkali-kali minta mundur. tapi saya tolak dan selalu saya pertahankan," kata Dahlan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/8/2014).

Keinginan mundur tersebut, lanjut Dahlan, pernah disampaikan Karen saat masa jabatannya habis pada Maret tahun lalu. Wanita kelahiran Bandung, 19 Oktober 1958 itu meminta agar masa jabatannya tidak diperpanjang.

"Beliau ingin berhenti, tapi sampai saat itu saya perpanjang," tutur dia.

Kini, Dahlan tidak mampu lagi menahan Karen agar tidak mundur dari jabatannya. Namun, Dahlan meminta supaya Karen tidak mundur dalam waktu dekat. Akhirnya Karen setuju akan lengser dari jabatannya mulai 1 Oktober 2014.

Menurut Dahlan, alasan Karen mundur dari jabatannya yaitu karena ingin fokus mengurus keluarga. Di samping, dia juga ingin berbagi ilmu yang dimilikinya lewat mengajar.

"Beliau sudah diterima mengajar di Harvard, Boston, dan sudah disurati terus kapan bisa mulai mengajar," tutur dia.

Selanjutnya: Karen Bawa Pertamina Masuk Fortune 500

Bawa Pertamina Masuk Fortune 500

Bawa Pertamina Masuk Fortune 500

Karen merupakan wanita pertama yang memimpin Pertamina. Dia diangkat sebagai Dirut untuk menggantikan Ari H. Soemarno pada 2009.

Sosok Karen mulai bersinar dan menarik perhatian perusahaan Migas raksasa dunia ketika berhasil melakukan akuisisi sejumlah korporasi di luar negeri.

Salah satu prestasi besarnya adalah pembelian aset milik Conoco Phillips di Aljazair. Karen juga menjadi tokoh di balik pembelian saham ladang Migas milik Exxon Mobile di Irak.

Tak hanya itu, Karen juga sanggup membawa Pertamina kembali masuk dalam daftar 500 perusahaan yang mampu mencetak pendapatan terbesar di dunia atau diistilahkan Fortune Global 500.

Pertamina yang berada di posisi 123 mengalahkan beberapa perusahaan dunia lain seperti PepsiCo yang ada di peringkat 137, Unilever yang ada di peringkat 140, Google yang ada di posisi 162 dan Caterpillar yang ada di peringkat 181.

Pada tahun fiskal 2013, Pertamina berhasil membukukan total pendapatan sebesar US$ 71,1 miliar, meningkat dibandingkan dengan tahun 2012 yang tercatat US$ 70,9 miliar.

Laba bersih pada tahun 2013 meningkat 11 persen menjadi US$ 3,07 miliar dari tahun sebelumnya US$ 2,77 miliar, kendati masih mengalami rugi sebesar Rp 5,7 triliun pada Bisnis LPG non subsidi 12 kilogram (kg).

Dengan pencapaian ini, maka Pertamina berhasil mempertahankan kinerja keuangan yang positif dalam 5 tahun terakhir di mana laba bersih perusahaan meningkat hampir 97 persen dibandingkan laba tahun 2009 yang tercatat sebesar US$ 1,55 miliar.

Selanjutnya: Profil Karen

Profil Karen

Profil Karen

Lulusan Sarjana Teknik Fisika ITB ini memulai kariernya di Mobil Oil Indonesia sebagai system analyst dan programmer pada tahun 1984.

Sebelum menjadi Dirut Pertamina, Karen pernah bekerja sebagai System Analyst dan Programmer di Mobil Oil Indonesia (1984-1986), Seismic Processor dan Quality Controller di Mobil Oil Indonesia (1987-1988), pindah tugas ke Mobil Oil Dallas USA (1989 -1992).

Lalu ia kembali ke Mobil Oil Indonesia sebagai Project Leader di Exploration Computing Department (1992-1996), Mutual Agreement Separation Package Mobil Oil Indonesia (1996-1998), bergabung dengan CGG Petrosystems di Indonesia sebagai product manager aplikasi G&G dan data manajemen (1998), bergabung dengan Landmark Concurrent Solusi Indonesia sebagai domain specialist (1998-1999).

Di tempat yang sama sebagai business development manager (2000-2002), bergabung dengan Halliburton Indonesia sebagai Commercial Manager for Consulting and Project Management (2002-2006), Staf Ahli Direktur Utama bidang Hulu PT Pertamina (Persero) (2006-2008), dan menjabat sebaga Direktur Hulu Pertamina, baru kemudian menjadi orang nomor 1 di Pertamina. (Yas/Ndw)

Justin Bieber dan Selena Gomez Saling Tebar Cinta Lagi

Posted: 17 Aug 2014 09:00 PM PDT

Terulang lagi dan lagi, kisah cinta sejoli yang tak pernah terpisahkan Justin Bieber dan Selena Gomez. Keduanya tengah berkali-kali memutuskan dan menjalin cinta yang mereka jalani sejak 2010.

Karena sudah berlangsung begitu lama dan konsisten untuk putus-nyambung, bukan tak mungkin ini memang merupakan gaya berpacaran kedua artis tenar di kancah dunia hiburan Hollywood [baca: Dengan Cincin Eksklusif, Justin Bieber Ajak Nikah Selena Gomez?].

Seperti dikutip Femalefirst, Senin (18/8/2014) Bieber dan Selena Gomez telah dikabarkan putus pada akhir bulan lalu. Mereka menghabiskan liburan dengan  teman-teman dan pasangan masing-masing.  Namun sebenarnya mereka juga saling memikirkan satu sama lain.



Mungkin bagi kebanyakan orang hal ini terdengar aneh, namun begitulah dua penyanyi muda itu menjalaninya. Benar saja, pada 13 Agutus lalu mereka dikabarkan masih tetap menebar virus-virus cinta.

Pelantun Baby dan Come & Get It tersebut sama-sama datang ke sebuah gereja untuk mengikuti kelas pendalaman Kitab Suci di City Church, Los Angeles. Seorang sumber mengatakan jika Bieber terlihat sangat nyaman dengan Selena. Mereka duduk bersebelahan dan tampak mendiskusikan pelajaran itu dengan serius.

Ketika pulang dari sana, Selena juga ikut masuk ke mobil Bieber. Mereka juga mengunggah foto ciuman di Instagram. Selena tampak mencium Bieber, sementara pria 20 tahun itu menggendong Selena.

justin-bieber-selena-gomez-church-date-2

(Ppt/Ade)

Demba Ba Ungkap Alasannya Batal Pindah ke Arsenal

Posted: 17 Aug 2014 08:52 PM PDT

Penyerang Besiktas, Demba Ba, mengungkap alasan mengapa ia tidak jadi bergabung dengan Arsenal. Sebelumnya, di musim 2013-14, The Gunners berniat mendatangkan Ba ke Emirates Stadium.

"Saya selalu mengatakan, kepindahan saya ke Arsenal sudah dekat. Saya sudah berpikir telah terjadi kesepakatan dan saya siap untuk tes medis, namun hal itu tidak terjadi," kata Ba seperti dilansir Dailymail, Senin (18/8/2014).

Ba yang saat itu bermain untuk klub London lainnya, Chelsea, mengaku sosok manajer Jose Mourinho yang menggagalkannya ke Arsenal. "Mourinho telah mengungkap kenapa itu tidak terjadi. Ia sangat jujur. Ia tak ingin memberi Arsenal seorang striker yang mampu mencetak gol, terlebih dengan kedatangan Ozil," ucap Ba.

http://cdn0-e.production.liputan6.com/medias/669240/original/demba+ba.jpg

Namun, seiring berjalannya waktu, striker berusia 29 tahun ini tidak mendapatkan tempat di lini depan The Blues. Akibatnya, ia memilih bergabung dengan Besiktas di awal musim 2014-15 ini.

Ba pun berkesempatan menghadapi Arsenal di babak play off Liga Champions pada Rabu (20/8/2014) lusa. "Saya akan menghadapi Arsenal dalam laga besar. Hal ini sangat gila, tapi saya tidak akan menyesali kegagalan transfer saya saat itu," ujarnya.

"Tim kami masih sangat muda dan masih belajar. Kami akan menghadapi laga yang tangguh dengan Arsenal, tapi kami ingin melaju ke fase grup Liga Champions," pungkasnya.

Baca Juga:

MU Siapkan Paket 100 Juta Pound untuk Di Maria

Pedrosa: Berasa Spesial Bisa Kalahkan Marquez

Paksa Pindah ke MU, Bek Sporting Lisbon Minta Maaf

Rayakan HUT RI, Indosat Berikan Asuransi Kecelakaan Gratis

Posted: 17 Aug 2014 08:52 PM PDT

Indonesia baru saja merayakan hari jadinya ke-69 setelah merdeka dari tahun 1945 silam. Berbagai perusahaan ikut merayakan kemerdekaan Indonesia dengan menyediakan berbagai program khusus.

Operator selular, PT Indosat Tbk menyediakan program gratis perlindungan kecelakaan bagi para pengguna layanan uang digital Dompetku. Program asuransi gratis ini merupakan hasil kerjasama antara Indosat dengan Adira Insurance.

“Program asuransi kecelakaan ini untuk memberikan nilai lebih serta memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan setia dalam menggunakan layanan Dompetku,” demikian disampaikan Tauseef Riaz, Group Head Digital Business & Commercial Development Indosat.

Program pemberian perlindungan gratis ini disediakan bagi para pengguna Dompetku yang melakukan registrasi pada tanggal 15 Agustus hinggan 15 September 2014. Para penerima perlindungan akan mendapat jaminan kecelakaan sebesar Rp 10 juta selama 30 hari ke depan.

Sebelumnya,  Dompetku juga telah meluncurkan layanan asuransi kecelakaan gratis bekerjasama dengan Asuransi CIGNA. Program perlindugan yang disediakan Indosat bersama CIGNA diluncurkan menjelang mudik Lebaran kemarin.

Dalam keterangan resminya, Indosat mengklaim akan terus menyediakan program untuk mendorong semakin banyaknya penggunaan layanan Dompetku agar terbiasa bertransaksi menggunakan uang elektronik. Program ini diakui sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.

Indosat Dompetku merupakan layanan uang elektronik yang bisa memungkinkan pelanggan memakai nomor telepon seluler sebagai nomor akun dalam bertransaksi keuangan. Indosat Dompetku bisa dipakai di merchant/ toko retail dan toko online serta aktivitas transaksional lainnya.

JKT48 Goyang Bareng Fans di Hari Kemerdekaan

Posted: 17 Aug 2014 08:46 PM PDT

Setiap 17 Agustus, idol group JKT48 selalu merayakan HUT RI dengan fans, Jakarta, Minggu (17/8/14). (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Ditinggal Karen, Kursi Dirut Pertamina Dibiarkan Kosong

Posted: 17 Aug 2014 08:46 PM PDT

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan Karen Agustiawan mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mulai 1 Oktober 2014.

Dahlan mengaku, Karen sebenarnya sudah berkali-kali minta mundur dari jabatannya sebagai orang nomor satu di Pertamina. Namun, Dahlan selalu menolak dan mempertahankan Karen mengingat kinerjanya yang sangat cemerlang.

"Kali ini saya tidak bisa mampu lagi menahan. Bu Karen saya nawar jangan dekat-dekat ini. Akhirnya Bu Karen setuju dan 1 Oktober berhenti," ungkap Dahlan di Jakarta, Senin (18/8/2014).

Dahlan memastikan dirinya tidak akan mengangkat direktur utama yang baru karena hal ini terjadi menjelang pergantian pemerintahan. Dengan jabatan yang hanya tersisa dua bulan lagi, Dahlan tak mau membuat keputusan yang sangat strategis.

"Tidak baik saya putuskan sekarang. Saya sendiri tidak sampai dua bulan lagi menjabat menteri sehingga kami serahkan ke pemerintah selanjutnya," tuturnya.

Sementara itu, untuk posisi pelaksana tugas Dirut Pertamina akan diberikan kepada direksi yang ada. "Saya serahkan ke dewan komisarisnya, siapa yang akan menjadi Plt-nya sampai ditunjuknya Dirut Pertamina yang baru," jelas dia.

Selanjutnya: Karen Bawa Pertamina Masuk Fortune 500

Bawa Pertamina Masuk Fortune 500

Bawa Pertamina Masuk Fortune 500

Karen merupakan wanita pertama yang memimpin Pertamina. Dia diangkat sebagai Dirut untuk menggantikan Ari H. Soemarno pada 2009.

Sosok Karen mulai bersinar dan menarik perhatian perusahaan Migas raksasa dunia ketika berhasil melakukan akuisisi sejumlah korporasi di luar negeri.

Salah satu prestasi besarnya adalah pembelian aset milik Conoco Phillips di Aljazair. Karen juga menjadi tokoh di balik pembelian saham ladang Migas milik Exxon Mobile di Irak.

Tak hanya itu, Karen juga sanggup membawa Pertamina kembali masuk dalam daftar 500 perusahaan yang mampu mencetak pendapatan terbesar di dunia atau diistilahkan Fortune Global 500.

Pertamina yang berada di posisi 123 mengalahkan beberapa perusahaan dunia lain seperti PepsiCo yang ada di peringkat 137, Unilever yang ada di peringkat 140, Google yang ada di posisi 162 dan Caterpillar yang ada di peringkat 181.

Pada tahun fiskal 2013, Pertamina berhasil membukukan total pendapatan sebesar US$ 71,1 miliar, meningkat dibandingkan dengan tahun 2012 yang tercatat US$ 70,9 miliar.

Laba bersih pada tahun 2013 meningkat 11 persen menjadi US$ 3,07 miliar dari tahun sebelumnya US$ 2,77 miliar, kendati masih mengalami rugi sebesar Rp 5,7 triliun pada Bisnis LPG non subsidi 12 kilogram (kg).

Dengan pencapaian ini, maka Pertamina berhasil mempertahankan kinerja keuangan yang positif dalam 5 tahun terakhir di mana laba bersih perusahaan meningkat hampir 97 persen dibandingkan laba tahun 2009 yang tercatat sebesar US$ 1,55 miliar.

Selanjutnya: Profil Karen

Profil Karen

Profil Karen

Lulusan Sarjana Teknik Fisika ITB ini memulai kariernya di Mobil Oil Indonesia sebagai system analyst dan programmer pada tahun 1984.

Sebelum menjadi Dirut Pertamina, Karen pernah bekerja sebagai System Analyst dan Programmer di Mobil Oil Indonesia (1984-1986), Seismic Processor dan Quality Controller di Mobil Oil Indonesia (1987-1988), pindah tugas ke Mobil Oil Dallas USA (1989 -1992).

Lalu ia kembali ke Mobil Oil Indonesia sebagai Project Leader di Exploration Computing Department (1992-1996), Mutual Agreement Separation Package Mobil Oil Indonesia (1996-1998), bergabung dengan CGG Petrosystems di Indonesia sebagai product manager aplikasi G&G dan data manajemen (1998), bergabung dengan Landmark Concurrent Solusi Indonesia sebagai domain specialist (1998-1999).

Di tempat yang sama sebagai business development manager (2000-2002), bergabung dengan Halliburton Indonesia sebagai Commercial Manager for Consulting and Project Management (2002-2006), Staf Ahli Direktur Utama bidang Hulu PT Pertamina (Persero) (2006-2008), dan menjabat sebaga Direktur Hulu Pertamina, baru kemudian menjadi orang nomor 1 di Pertamina. (Yas/Ndw)

Hamil 6 Bulan, Oki Setiana Dewi Rasakan Ini

Posted: 17 Aug 2014 08:45 PM PDT

Kehamilan Oki Setiana Dewi yang menginjak usia enam bulan membuatnya mulai mampu merasakan janin yang dikandungnya. Oki bilang, saat ini calon buah hatinya itu sudah mulai aktif di dalam perut.

"Sekarang setiap hari ada temannya, sudah nendang, kencang banget. Seru lah pokoknya," ucap Oki saat ditemui di kawasan Jalan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Minggu (17/8/2014).

Berbeda dengan masa kehamilan kurang dari tiga bulan, bintang film Ketika Cinta Bertasbih itu kini mulai hati-hati menjaga kondisi tubuhnya jika sedang beraktivitas di luar rumah.

"Kalau hamil pas usia satu sampai tiga bulan itu nggak terasa ya. Tapi kalau sekarang di perut suka gerak, lucu saja, suka ketawa sendiri. Makanya aku hati-hati banget juga, nggak boleh terlalu capek," papar dia.

Beruntung, Oki sudah mengetahui jenis kelamin calon buah hatinya itu. Melalui pemeriksaan di rumah sakit, Oki diberitahu oleh dokter pribadinya kalau ia sedang mengandung anak perempuan.

"Sudah cek USG, dokter bilang katanya anak perempuan," tutup dia.(Gie/Mer)

Pasar Tempeh Terbakar, 17 Kios Konveksi Ludes Dilalap Api

Posted: 17 Aug 2014 08:44 PM PDT

(Senin : 18/08/2014) Diduga akibat korsleting arus listrik, pasar tradisional Tempeh di Lumajang Jawa Timur, Minggu malam terbakar. Sumber kebakaran berasal dari sebuah kios di tengah pasar yang kemudian menjalar ke toko lainnya.

Dibantu puluhan warga, para pedagang segera bergegas menyelamatkan barang dagangan mereka. Bersama petugas pemadam kebakaran, warga juga ikut membantu upaya pemadaman. Akhirnya setelah berjuang selama empat jam lebih, kobaran api berhasil dipadamkan. Dari hasil pendataan petugas, sedikitnya 17 kios konveksi ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai milyaran rupiah. (Tim Liputan/Sup)

Serikat Pekerja di Asia Bersatu Tuntut Kenaikan Upah

Posted: 17 Aug 2014 08:41 PM PDT

Para aktivis buruh di sejumlah negara di Asia tercatat telah saling bekerjasama guna menuntut kenaikan gaji bagi para pegawai. Para pimpinan sejumlah komunitas buruh telah membandingkan jumlah upahnya dengan gaji pegawai di beberapa negara tetangga.

Hasilnya, seperti dikutip dari Reuters, Senin (18/8/2014), sekitar 600 ribu buruh pabrik garmen di Asia mengalami kenaikan gaji hingga 25 persen menjadi sekitar US$ 100 per bulan. Kenaikan tersebut merupakan lonjakan upah terbesar dalam 15 tahun terakhir.

Uniknya, kenaikan tersebut tak menghentikan aksi para buruh. Kini, para aktivis buruh kembali meminta kenaikan gaji.

Negosiasi mengenai upah dan kondisi kerja sebenarnya masih menjadi tradisi di sejumlah negara di Asia. Tapi kini para aktivis memberikan tekanan yang lebih berat pada para pengusaha dan pemerintah dengan melihat pengalaman dari beberapa negara di sekitarnya.

Bagi perusahaan-perusahaan global yang telah memindahkan produksinya ke sejumlah pusat manufaktur dengan buruh berupah rendah, tindakan para aktivis mempersempit peluangnya untuk tawar menawar mengenai gaji. Tak hanya itu, tuntutan para aktivis buruh dapat menekan laba dan mungkin kenaikan harga dari sejumlah produk seperti sepatu, pakaian hingga mobil dan perlengkapan elektronik.

"Saya melihat adanya tren kolaborasi yang lebih besar dan kuat di antara para pimpinan buruh yang membuat adanya perubahan bentuk dari sekadar pertukaran informasi menjadi kerjasama," ungkap Direktur Organisasi Buruh Internasional (ILO) di Jakarta, Peter van Rooiji.

Dia juga mengatakan, kedekatan para aktivis buruh di Asia kemungkinan besar semakin erat menyusul rencana integrasi ekonomi antara 10 negara ASEAN.

Ribuan pekerja di China, Indonesia dan Kamboja meluncurkan aksi protes menuntut kenaikan gaji serta kondisi kerja yang lebih baik dalam beberapa bulan terakhir pada perusahaan perlengkapan olahraga Nike Inc. Tak hanya itu, lebih dari 4.000 buruh di Sabrina Garment Manufacturing Co., Kamboja, produsen pakaian untuk Nike, juga turun ke jalan menuntut kenaikan gaji pada Mei.

Tuntutan kenaikan gaji tersebut guna memenuhi kebutuhan sewa rumah, transportasi dan biaya kesehatan. Industri manufaktur garmen berupah rendah di Asia kini diwarnai lebih banyak aksi protes mengingat serikat buruh memanfaatkan kelangkaan pekerja berkemampuan khusus agar menuntut bayaran yang lebih tinggi dan peningkatan keamanan. (Sis/Ndw)

Foto Menakjubkan dari Kereta Api yang Dibalut 30 Ribu Lampu LED

Posted: 17 Aug 2014 08:35 PM PDT

Bagi Anda penggemar fotografi, jangan lewatkan objek foto berikut ini dari bidikan lensa kamera Anda. Pasalnya objek foto ini memiliki keunikan tersendiri. Seperti apakah objek foto yang dimaksud?

 

Seperti yang dilansir dari Boredpanda.com, Minggu (17/8/2014), objek foto yang dimaksud adalah sebuah kereta api yang dibalut dengan 30 ribu lampu LED. Kereta api tersebut datang dari sebuah perusahaan transportasi asal Budapest, Hungarian yaitu Budapest Transport Company.

Merayakan Hari Besar di Budapest

Kereta kota yang biasa juga disebut dengan trem dihiasi dengan 30,000 lampu LED dalam rangka merayakan berbagai festival dan perayaan hari besar di Budapest, Hungarian.

 

Budapest Transport Company melengkapi kereta api tersebut dengan LED mulai dari tahun 2009 yang lalu. Lampu LED yang dipasang tak hanya satu warna, namun berbagai warna seperti biru, merah, silver menghiasi trem.

Teknik Long Exposure

Jika Anda ingin menangkap keindahan kereta api tersebut dengan kamera, Anda dapat mengabadikannya dengan teknik long exposure. Dengan teknik fotografi tersebut, keindahan kereta api dapat semakin terpancar dan kereta api tersebut terlihat seperti mesin waktu.

 

Lebih lanjut, para pengunjung tak hanya dapat menikmati keindahan nyalanya lampu dari trem, tapi pengunjung dapat menaiki trem sambil berkeliling Budapest. Biasanya trem ini akan dihias lebih menarik lagi saat bulan Desember.

Tampilan Foto Kereta Api dengan 30 Ribu LED

Berikut tampilan kereta api dengan 30 ribu lampu LED yang difoto dengan menggunakan teknik long exposure:

 

 

 

budapest-christmas-tram-1

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar: