Rabu, 09 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jarang Terekspos, Ini 6 Momen Mesra Naysila Mirdad dan Kekasih

Posted: 09 Oct 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu penggemar sinetron Tanah Air, tentunya sudah tak asing dengan sosok Naysila Nafulany Mirdad atau yang lebih dikenal Naysila Mirdad. Putri ketiga dari pasangan artis Jamal Mirdad dan Lydia Kandou ini mengawali kariernya di dunia hiburan sejak masih remaja.

Kini, wanita kelahiran Jakarta, 23 Mei 1988 ini sudah membintangi belasan judul sinetron maupun FTV. Selama berada di dunia hiburan, Naysila Mirdad memiliki kehidupan yang jauh dari gosip miring. Kehidupan percintaannya pun jarang diumbar ke publik.

Jarang terekspos di media, Naysila Mirdad ternyata sudah memiliki kekasih. Artis cantik ini telah menjalin kasih dengan pengusaha muda, Roestiandi Tsamanov sejak empat tahun belakangan ini.

Selain itu, banyak netizen yang menilai kekasih Naysila Mirdad ini mirip dengan sang ayah, Jamal Mirdad. Kemiripan tersebut terletak dari bentuk wajahnya. Baik Roestiandi Tsamanov maupun Jamal Mirdad sama-sama memiliki wajah yang gempal dan berjambang.

Meski jarang tersorot, beberapakali Naysilla Mirdad tak ragu untuk membagikan momen kompak mesranya dengan sang kekasih di Instagram pribadinya. Hubungannya dengan sang kekasih tentunya membuat banyak orang penasaran. Berikut potrenya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/10/2019).

1. Berbeda dengan selebriti lainnya, Naysilla jarang mengumbar kisah asmaranya. Pasangan tersebut sudah pacaran selama empat tahun.

Naysila Mirdad  dan Roestiandi Tsamanov (Sumber: Instagram/@tsamanov)

2. Meski jarang terekspos, Naysila Mirdad dan kekasih kerap bersama di berbagai acara.

Naysila Mirdad  dan Roestiandi Tsamanov (Sumber: Instagram/@naymirdad)

3. Naysila Mirdad dan kekasihnya kompak memakai baju tradisional Jepang.

Naysila Mirdad  dan Roestiandi Tsamanov (Sumber: Instagram/@naymirdad)

4. Meski Naysila lebih mudah enam tahun, hal tersebut tidak menghalangi hubungan percintaan keduanya.

Naysila Mirdad  dan Roestiandi Tsamanov (Sumber: Instagram/@tsamanov)

5. Ternyata sang kekasih, Roestiandi Tsamanov sudah akrab dengan keluarga besar Naysila.

Naysila Mirdad  dan Roestiandi Tsamanov (Sumber: Instagram/@naymirdad)

6. Setiap ada kesempatan, Naysila dan kekasih menyempatkan waktu untuk quality time bareng.

Naysila Mirdad  dan Roestiandi Tsamanov (Sumber: Instagram/@naymirdad/@tsamanov)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Moda Transportasi di Ibu Kota Baru, Kereta Tanpa Awak hingga Bus Amfibi

Posted: 09 Oct 2019 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan bahwa transportasi massal di ibu kota baru akan dibuat senyaman mungkin. Langkah ini untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Untuk memenuhi hal tersebut, pemerintah akan membangun Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT) hingga Autonomous Rapid Transit (ART) dan juga Bus Tanah Air (Amfibi).

Seperti diketahui, pemerintah telah resmi menunjuk Panajam Paser Utara dan Kutai di Kalimantan sebagai ibu kota baru. Pembangunan infrastruktur dasar disana akan dimulai tahun depan.

"Teknologi seperti MRT, ART atau Autonomous Rapid Transit akan kita hadirkan di sana," kata Budi Karya dalam sebuah acara diskusi bertajuk 'Transportasi Massal di Ibu Kota Baru' Seperti Apa?, di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Dia menjelaskan bahwa jenis-jenis transportasi di ibu kota baru tersebut memang belum familiar khususnya untuk ART. ART adalah kereta tanpa kabel listrik dan rel. Kereta ini akan berjalan di jalan raya dengan rel virtual.

"Teknologi itu sendiri masih belum terlalu banyak dilakukan tetapi dengan suatu semangat yang baik, dengan kemampuan teknologi yang dimiliki oleh teman-teman kita di INKA di kereta api, kita yakin dapat melakukan itu semua," ujarnya.

 

Transportasi Laut

Kendaraan Sea Bubble alias

Selain transportasi kereta, transportasi laut juga menarik dibangun di Ibu Kota baru. Karena ada teluk yang cukup besar di sana.

"Angkutan kapal juga menarik karena ada satu teluk sepanjang 80 km dengan lebar 5 Km. Ini tidak terbayangkan, bisa menjadi suatu daya tarik luar biasa untuk ibu kota baru," ungkapnya.

Dalam kesempatan serupa, Kepala Badan Penelitian dan Pengambangan Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengungkapkan bahwa di Ibu Kota baru yang memiliki banyak danau akan dihadirkan bus amfibi dengan brand 'bus tanah air'.

Nantinya, bus tersebut dapat berfungsi sebagai alat angkut di darat maupun di air.

"Karena lebar teluk di sini bisa 5-7 km, teluk ini merupakan lokasi paling strategis untuk pelabuhan di seluruh Kalimantan," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baca Naskah Film Terbaru, Gong Yoo Nangis dan Langsung Telepon Ibu

Posted: 09 Oct 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Akting Gong Yoo akhirnya bisa kembali disaksikan penggemarnya lewat film terbarunya yang akan tayang bulan ini di Korea, Kim Ji Young, Born 1982. Film ini diangkat dari novel bertajuk sama, mengenai Kim Ji Young yang menjadi ibu rumah tangga biasa dan menghadapi berbagai tekanan karena kedudukannya sebagai wanita.

Dalam film ini, Gong Yoo berperan sebagai Jung Dae Hyun, suami dari Kim Ji Young yang dimainkan oleh Jung Yu Mi.

Dalam konferensi pers film ini pada akhir September lalu, Gong Yoo mengungkap bahwa ia menangis saat membaca naskah Kim Ji Young, Born 1982.

"Setelah membaca naskahnya, aku berpikir banyak hal tentang keluargaku. Jarang sekali aku menangis saat membaca naskah, tapi aku menangis saat membaca naskah ini," tuturnya, seperti dilansir dari Soompi.

Telepon Ibu

Gong Yoo . (Foto: koreaboo.com)

Gong Yoo mengatakan naskah film ini langsung membuatnya teringat dengan keluarganya. Karena itu, ia langsung menelepon sang ibu.

"Aku meneleponnya karena aku ingin berterima kasih kepadanya. Aku berterima kasih karena telah membesarkanku, dan meski dia agak bingung, dia sepertinya senang karena ia tertawa," tutur Gong Yoo.

Merasa Terlarut

Gong Yoo dan Jung Yu Mi dalam Kim Ji Young, Born 1982 (Soompi)

Di Korea Selatan, novel Kim Ji Young, Born 1982 menuai pro kontra. Pasalnya kisah di dalamnya berisi nilai feminisme, yang masih dianggap miring oleh sebagian masyarakat Korea Selatan dengan budaya patriarki yang kuat.

Sekadar informasi, Irene Red Velvet bahkan sempat menerima hujatan karena membaca buku ini.

Meski ada pro kontra, Gong Yoo tak merasa gamang saat mendapat peran ini. Pasalnya, ia langsung merasa "klik" dengan tokoh yang ia mainkan. "Aku tahu aku harus memainkannya karena aku langsung merasa terlarut darlam tokoh Dae Hyun dan menjadi emosional," tuturnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kelakuan Kocak Anak Saat Sunat Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 09 Oct 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sirkumsisi yang lebih dikenal dengan sunat atau khitan, adalah operasi bedah yang cukup umum dilakukan oleh kaum Adam di Indonesia. Salah satu dasarnya adalah tradisi dan agama.

Bagi setiap laki-laki muslim terdapat kewajiban untuk melakukan khitan. Tradisi yang juga dikenal dengan istilah sunat ini merupakan amalan dengan cara memotong quluf atau kulit yang menutupi ujung kemaluan.

Pelaksanaan khitan untuk anak laki-laki berbeda-beda di masyarakat. Ada yang saat masih bayi, ada yang sudah berusia 10 tahun ke atas. Namun saat ini, seseorang sudah melakukan sunat di masa kanak-kanak. Bahkan tidak jarang, orangtua sudah membawanya semenjak masih bayi.

Meski sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat Indonesia, proses khitan tetap menjadi sesuatu yang menyeramkan bagi para cowok. Apalagi untuk anak yang masih usia belia, mereka pun merasa takut dengan proses sunatan ini. 

Alhasil, mereka melakukan segala cara agar terbebas dari sunatan ini. Entah menangis, kabur, atau pun pura-pura pingsan. Tetapi yang jelas kelakuan anak saat sunat ini pun sukses bikin perut tergilitik. Penasaran seperti apa potretnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 kelakuan kocak anak saat sunat ini bikin geleng kepala, Kamis (10/10/2019).

1. Mungkin dia lagi minta tolong Naruto biar bisa mengurangi rasa sakitnya~

Kelakuan Kocak Anak Saat Sunat (Sumber: 1cak)

2. Sudah enggak bisa kabur, pura-pura pingsan aja lah!

Kelakuan Kocak Anak Saat Sunat (Sumber: 1cak)

3. Tetap eksis dong meskipun sedang sakit!

Kelakuan Kocak Anak Saat Sunat (Sumber: 1cak)

4. Santai saja, sunat sambil main game bisa kok!

Kelakuan Kocak Anak Saat Sunat (Sumber: Brilio)

5. Ini nih yang dinamakan teman sejati, sunat barengan!

Kelakuan Kocak Anak Saat Sunat (Sumber: Brilio)

6. Habis sunat lanjut main game, mantap!

Kelakuan Kocak Anak Saat Sunat (Sumber: 1cak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Pertimbangan PK Putusan Bebas Syafruddin Temenggung di Kasus BLBI

Posted: 09 Oct 2019 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertimbangkan upaya hukum peninjauan kembali (PK) atas vonis bebas Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT) dalam kasus korupsi penerbitan surat keterangan lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Pertimbangan upaya hukum PK salah satunya lantaran Syamsul Rakan Chaniago, anggota Majelis Hakim Agung yang memutus bebas Syafruddin Arsyad Temenggung menerima sanksi dari Mahkamah Agung (MA). Sanksi diberikan MA lantaran Syamsul bertemu dengan pengacara Syafruddin.

"Putusan SAT itu sedang dipelajari oleh penuntut umum. Memang ada fakta baru yang muncul beberapa waktu lalu ketika ada salah satu hakim yang diberi sanksi. Apakah ini bisa menjadi salah satu poin pertimbangan dilakukannya peninjauan kembali atau tidak, tentu kami perlu bahas terlebih dahulu," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (10/10/2019).

Menurut Febri, pihak penuntut umum pada KPK masih mempelajari putusan lengkap bebasnya Syafruddin Arsyad Temenggung. Febri mengatakan, pihak MA baru memberi salinan lengkap putusan bebas Syafruddin pada 2 Oktober 2019.

Febri menegaskan, KPK tak akan tergesa-gesa melakukan upaya hukum PK. Yang pasti, langkah hukum yang dilakukan KPK harus memiliki dasar dan alasan yang kuat.

"Kami sedang membahas, secara spesifik, itu perlu didalami lebih dalam, lebih clear ya. Alasan-alasan PK kan harus dilihat, atau alasan-alasan upaya yang lain juga harus dilihat," kata dia.

Febri mengatakan, pimpinan KPK berkomitmen menuntaskan kasus korupsi BLBI yang disinyalir merugikan keuangan negara hingga Rp 4,58 triliun. "Fokus utama KPK adalah memaksimalkan asset recoverynya," kata Febri.

Putusan Kasasi MA

Mantan Kepala BPPN, Syafruddin Arsyad Temenggung memberi keterangan saat meninggalkan rumah tahanan KPK, Jakarta, Selasa (7/9/2019). Sebelumnya, Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan Syafruddin Arsyad Temenggung dalam kasus korupsi SKL BLBI. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Majelis hakim kasasi MA mengabulkan permohonan kasasi Syafruddin. Dalam amar putusannya yang dibacakan pada 9 Juli 2019, Majelis Hakim Agung membatalkan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan terhadap Syafruddin.

Dalam putusan bebas MA terhadap Syafruddin terjadi dissenting opinion atau perbedaan pendapat dari para hakim. Ketua Majelis Hakim Salman Luthan menyatakan sependapat dengan Pengadilan Tinggi DKI yang menyebut kasus Syafruddin merupakan ranah pidana.

Sedangkan Hakim Syamsul Rakan Chaniago menyatakan perbuatan Syafruddin masuk dalam ranah perdata. Sementara Hakim Askin mengatakan bahwa perbuatan Syafruddin merupakan perbuatan administrasi.

Setelah pemeriksaan, MA memutuskan Syamsul Rakan terbukti melanggar etik dan perilaku hakim. Syamsul Rakan Chaniago masih tercantum di kantor lawfirm meski telah menjabat sebagai hakim ad hoc Tipikor pada MA.

Selain itu, Syamsul juga terbukti melakukan kontak dan bertemu dengan Ahmad Yani salah seorang penasihat hukum Syafruddin di Plaza Indonesia pada tanggal 28 Juni 2019 pukul 17.38 s.d pukul 18.30 WIB. Padahal Syamsul sedang menangani Kasasi yang diajukan Syafruddin.

Atas pelanggaran etik tersebut, MA menjatuhkan sanksi sedang terhadap Syamsul Rakan. Dengan sanksi ini, Syamsul Rakan dihukum enam bulan dilarang menangani perkara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga Oktober 2019, Komitmen Investasi KEK Capai Rp 85,3 Triliun

Posted: 09 Oct 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mencatat hingga Oktober 2019 komitmen investasi di seluruh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang tersebar di pelosok Tanah Air telah mencapai Rp85,3 triliun. Dari jumlah tersebut KEK telah berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 8.686 orang.

"Investasi yang sudah komit posisi sekarang ini adalah Rp85.3 triliun," kata Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Kamis (10/10).

Menko Darmin mengakui, meski komitmen investasi sudah mencapai Rp85,3 triliun namun angka itu masih jauh dari harapan. Mengingat fungsi dari KEK sendiri adalah mendorong masuknya investasi baik dari industri hingga pada kawasan pariwisata.

"Dibandingkan dengan harapan kita dan jumlah KEK-nya itu memang masih di bawah harapan kita karena pertama, KEK kita itu pada dasarnya tempat atau lokasi atau area untuk olah atau memanfaatkan sumber daya alam atau industri," jelas dia.

Sementara itu, berdasarkan Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di 2019 target pemerintah yakni menetapkan KEK mencapai sebanyak 17 kawasan. Hingga sejauh ini, tercatat baru ada 13 KEK yang sudah ditetapkan dan sisanya masih sedang dalam proses.

Sebagai informasi aja, pada tahun 2012 baru ada dua KEK yang ditetapkan yaitu KEK Sei Mangkei di Sumatera Utara dan KEK Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Banten. Jumlah KEK meningkat pesat menjadi 8 pada tahun 2014, dan hingga Oktober 2019 telah berkembang menjadi 13 KEK.

 

Baru 10 Kawasan yang Beroperasi

Presiden Jokowi Saat Meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (17/5/2019). (Foto: Biro Pers Setpres)

Hingga saat ini jumlah KEK yang telah beroperasi sejumlah 10 kawasan, yaitu KEK Sei Mangkei (Sumatera Utara), KEK Tanjung Lesung (Banten), KEK Palu (Sulawesi Tengah), KEK Bitung (Sulawesi Utara), dan KEK Morotai (Maluku Utara).

Selain itu juga KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (Kalimantan Timur), KEK Mandalika (Nusa Tenggara Barat), KEK Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung), KEK Arun Lhokseumawe (Aceh), serta KEK Galang Batang (Kepulauan Riau).

Selanjutnya, KEK Sorong (Papua Barat) akan menjadi KEK kesebelas yang rencananya akan diresmikan operasionalnya pada 11 Oktober 2019.

Dua KEK lainnya, yakni KEK Singhasari baru saja ditetapkan sebagai KEK melalui Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2019, serta KEK Tanjung Api-api di Sumatera Selatan yang telah lebih dahulu ditetapkan statusnya sebagai KEK, kini sedang bersiap masuk tahap operasional.

Selain 13 KEK yang telah ditetapkan, empat KEK dalam proses untuk ditetapkan yaitu KEK Kendal (Jawa Tengah), KEK Likupang (Sulawesi Utara), KEK Nongsa (Batam), dan KEK MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) di Batam.

 

Penggerak Ekonomi Daerah

Jokowi saat Peresmian KEK Mandalika di Lombok

Darmin melanjutkan KEK sendiri menjadi penggerak perekonomian daerah. Dia mencontohkan, KEK Galang Batang di Kepulauan Riau akan menjadi pusat hilirisasi bauksit terintegrasi dengan komitmen investasi Rp 36,250 triliun hingga tahun 2023.

Dengan hadirnya KEK Galang Batang, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kepulauan Riau meningkat 25,80 persen dalam kurun waktu 2015 hingga 2017. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) meningkat 15,58 persen dalam kurun waktu 2015 hingga 2018 dan akan terus meningkat seiring perkembangan investasi yang masuk ke KEK Galang Batang.

Di KEK Mandalika (Lombok, NTB) sedang dibangun hotel-hotel kelas dunia seperti Pullman, Royal Tulipe, dan Paramount; serta sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah pergelaran MotoGP pada 2021.

Komitmen investasi di kawasan wisata ini mencapai Rp17,5 triliun. Data perkembangan kunjungan wisatawan Kabupaten Lombok Tengah 2015-2018 menunjukkan kunjungan wisatawan manca negara meningkat 361 persen dan wisatawan nusantara naik 170 persen.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Pilihan Sulit McMenemy Tentukan Penjaga Gawang Timnas Indonesia Menghadapi UEA

Posted: 09 Oct 2019 10:31 PM PDT

Dubai - Andritany Ardhiyasa, kiper yang sempat menuai kritik usai Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia dan 0-3 dari Thailand tetap diboyong menghadapi Uni Emirat Arab (UEA). Selain Andritany, pelatih Tim Merah Putih, Simon McMenemy juga membawa dua kiper lainnya. 

Partai ketiga Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia kontra UEA di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019), begitu penting bagi Timnas Indonesia.

Setelah menelan dua kekalahan beruntun, Skuat Garuda butuh hasil positif untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Perlu diingat, jalur Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sekaligus juga berperan sebagai gelanggang menuju Piala Asia 2023.

Saat ini, Timnas Indonesia masih berpredikat sebagai juru kunci Grup G. Skuat Garuda nihil poin dari dua pertandingan.

Selain Andritany, dua kiper lain yang disiapkan Timnas Indonesia untuk menahan teror UEA adalah Wawan Hendrawan dan Muhammad Ridho Djazulie.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, masih belum memutuskan penjaga gawang utama timnya untuk pertandingan kali ini. Andritany punya peluang besar mengingat statusnya adalah kapten tim saat kalah dari Malaysia dan Thailand.

Akan tetapi, nasib Andritany dapat berbalik 180 derajat setelah penampilan buruknya pada dua laga tersebut. Total, kiper Persija Jakarta ini kebobolan enam gol dalam dua laga dan menjadi bulan-bulanan suporter.

Siapa yang Menjadi Alternatif?

Kiper Timnas Indonesia, Wawan Hendrawan, saat latihan jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Rabu (2/10). Indonesia akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Andai memilih untuk menepikan Andritany, Wawan dan Ridho adalah pilihan beresiko untuk McMenemy. Nama pertama bahkan baru pertama kali dipanggil Timnas Indonesia.

Ridho pun tak ubahnya seperti Wawan. Meski pernah beberapa kali keluar masuk Timnas Indonesia, namun kiper Madura United ini selalu diplot sebagai kiper kedua bahkan ketiga.

Kembali menaruh kepercayaan terhadap Andritany juga keputusan gambling, tapi paling aman untuk McMenemy. Kiper berusia 27 tahun ini pasti termotivasi untuk menjawab kritikan, juga dapat menjadi hari penghakiman paling menyeramkan apabila performanya tidak kunjung membaik.

UEA Berbahaya

Pemain UEA, Omar Abdulrahman (kiri), merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Malaysia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Shah Alam, Malaysia, (17/11/2015). Malaysia kalah 1-2 dari UEA. (AFP Photo/Manan Vatsyayana)

McMenemy pasti tahu UEA adalah lawan yang berbahaya. Tim berjulukan The Falcons itu adalah semifinalis Piala Asia 2019.

UEA juga punya dua mantan pemain terbaik Asia di skuatnya saat ini. Ahmed Khalil meraih penghargaan bergengsi itu pada 2015, dengan Omar Abdulrahman pada edisi setahun berselang.

Diadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa, Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 10/10/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CashShield Cegah Penipuan Pada Transaksi Daring

Posted: 09 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Startup asal Singapura, CashShield, berfokus pada pencegahan penipuan pada transaksi daring. Seperti kita tahu, adopsi perangkat genggam kian masif, diikuti dengan kehadiran banyak aplikasi dan layanan yang melibatkan transaksi keuangan, sehingga potensi penipuan pun kian besar.

Pada salah satu sesi di Tech in Asia 2019 Conference di Jakarta Convention Center, Rabu (9/10/2019), pendiri sekaligus CEO di CashShield, Justin Lie, memaparkan bagaimana teknologi CashShield dapat mencegah penipuan pada transaksi daring.

Dia bercerita, semasa dia masih remaja, transaksi dengan kartu kredit terbilang aman. Saat itu tidak ada kasus-kasus penipuan yang sering kita temukan seperti sekarang.

Namun dari waktu ke waktu, situasi telah berubah secara drastis. Para penjahat siber semakin banyak bermunculan dan mereka menargetkan transaksi keuangan di berbagai layanan, misalnya, situs belanja daring.

Mengenai layanan yang dia tawarkan, Justin menyebut CashShield memiliki solusi perlindungan end-to-end untuk melindungi transaksi daring.

"Kami punya solusi perlindungan end-to-end dengan API yang bersifat universal. Jadi, perusahaan mana pun bisa menggunakan API kami pada produk dan layanannya," tutur Justin.

Teknologi CashShield

CashShield antara lain menerapkan teknologi pengenalan pola secara real-time, biometrik pasif, dan algorithmic trading. Dengan mengombinasikan ketiga teknologi itu, CashShield dapat membedakan pengguna/pelanggan sebenarnya dan peretas yang berniat jahat.

"Teknologi kami bisa mendeteksi perilaku tidak biasa (unusual behaviour) apakah itu pengguna atau peretas," kata Justin.

Memang ada pola perilaku mencolok yang membedakan pengguna sebenarnya dan peretas. Pengguna sebenarnya, misalnya, ketika mengakses situs web belanja daring di peramban (browser) di laptop, biasanya dia membuka beberapa tab dan tidak jarang, salah satu tab itu adalah media sosial. Perilaku ini tidak didapati pada kunjungan yang dilakukan oleh peretas karena dia selalu berusaha menyembunyikan jati dirinya.

Dengan demikian, menurut Justin, setiap pengguna punya perilaku uniknya masing-masing dan CashShield mampu mengenalinya.  

Selain itu, Justin juga menekankan bahwa kesadaran akan privasi juga berperan penting, tetapi di Indonesia, menurut Justin, hal ini masih harus terus dikampanyekan dan diatur secara tepat.

"Kalau di Eropa, kepedulian terhadap privasi sudah tinggi. Ada yang namanya General Data Protection Regulation (GDPR), yang mengatur proteksi perlindungan data. Di Indonesia agak kurang, tapi saya lihat pemerintah Indonesia sudah mulai berjalan ke arah sana (regulasi proteksi perlindungan data)," ujar Justin.

Jakarta Jadi Tuan Rumah Konferensi Regional Tech in Asia 2019

Tech in Asia, salah satu platform komunitas teknologi dan startup terbesar di Asia, mendapuk Jakarta untuk menjadi tuan rumah Tech in Asia Conference skala regional.

Konferensi ini merupakan konsolidasi dari beberapa konferensi lokal Tech in Asia sebelumnya yang dalam tujuh tahun terakhir berlangsung di beberapa kota seperti Tokyo, Singapura, dan Jakarta.

Jakarta adalah rumah bagi sebagian besar startup dan perusahaan teknologi di Indonesia. Jakarta punya kedudukan strategis bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi ke berbagai pulau maupun daerah.

Sementara Indonesia telah berkembang menjadi negara yang mengedepankan teknologi digital. Hal ini tentu saja cocok bagi para pelaku bisnis berbasis teknologi untuk tumbuh dan berkembang.

"Indonesia merupakan pasar penting bagi startup yang ingin menembus pasar regional, mengingat banyak peluang besar yang tersedia. Sebagai bentuk dukungan untuk mengembangkan ekosistem startup di Asia, kami berusaha menjadi penghubung yang membantu pengusaha digital dalam membangun bisnis di pasar Asia," ujar Willis Wee, Founder Tech in Asia, dalam keterangannya kepada Tekno Liputan6.com.

Para investor, pembicara dan stakeholders terkait lainnya akan berkumpul di Jakarta untuk menghadiri konferensi regional yang digelar dalam dua hari ini pada tanggal 8 dan 9 Oktober untuk berdiskusi seputar startup dan teknologi terkini.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Danone Nations Cup: Tak Melulu Soal Sepak Bola

Posted: 09 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Bicara Danone Nations Cup sudah pasti yang ada di kepala kita adalah sepak bola. Namun, turnamen U-12 terbesar di dunia ini tak melulu soal si kulit bundar. Banyak hal lain yang dijajarkan kepada para peserta.

Liputan6.com mengikuti rangkaian acara Final Dunia Danone Nations Cup di Barcelona, Spanyol, pada 9-12 Oktober 2019. Tercatat ada 700 anak dari 54 tim yang mengikuti turnamen ini. Mereka berasal dari 27 negara yang berbeda, termasuk Indonesia yang diwakili ASIOP Apacinti dan FOSSBI Rajawali Muda.

Memang sepak bola jadi wacana utama di turnamen. Namun, banyak juga nilai-nilai hidup yang diajarkan seperti kampanye 'One Planet One Health'.

Danone percaya bahwa kesehatan berasal dari gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat. Danone berkomitmen terus mendukung target pencapaian Sustainable Development Goals di tahun 2030 yang dicanangkan oleh UN.

Untuk meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap target pencapaian tersebut sekaligus memberikan edukasi terkait pentingnya memahami peran mereka dalam membentuk masa depan melalui target pencapaian SDGs.

Karena itu, perwakilan Indonesia untuk Final Dunia Danone Nations Cup 2019 juga turut mendapatkan pembekalan dan materi seputar target pencapaian SDGs tersebut.

Pada sesi tersebut, anak-anak juga diberikan kesempatan untuk memilih mana target yang menurut mereka paling penting dan seharusnya menjadi prioritas.Sesi ini akan diberikan kepada perwakilan seluruh negara selama Final Dunia Danone Nations Cup berlangsung.

 

Change The Game Challenge

(Liputan6.com / Jonathan Pandapotan)

Melalui serangkaian permainan bertajuk "Change The Game Challenge", perwakilan Indonesia juga turut mengikuti berbagai tantangan dan permainan edukatif bersama dengan perwakilan negara lain.

Setiap poin yang didapatkan pada tantangan tersebut akan dikonversikan menjadi donasi sebesar 1 Euro kepada Watering Mind, sebuah lembaga swadaya masyarakat yangberfokus kepada penyediaan akses air bersih dan sanitasi.

Melalui metode ini, diharapkan anak-anak tidak hanya sadar bahwa mereka memiliki peran dalam kemajuan sosial tetapi jugadapat berkontribusi secara langsung melalui minat mereka yaitu sepak bola.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masalah dengan Yusuf Oebelet Selesai, Cita Citata Masih Dihujat

Posted: 09 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cita Citata beberapa waktu lalu diketahui sempat mengungkapkan kekesalannya terhadap seorang music director yang diketahui adalah Yusuf Oebelet.

Kala itu, Cita Citata kesal karena merasa dipermalukan di depan banyak orang saat menjalani geladi resik untuk acara Pekan Kebudayaan Nasional, yang digelar di Istora Senayan, Jakarta.

Karena masalah tersebut, Cita Citata sampai-sampai membatalkan untuk mengisi acara itu. Namun saat ini masalah antara Cita Citata dengan Yusuf Oebelet sudah selesai.

Kendati demikian, Cita Citata masih saja mendapat hinaan dan cacian dari warganet. Hal itu disampaikan Cita Citata melalui unggahan di Instagramnya pada Rabu (9/10/2019).

"Hey Zayaaang masih marah marah aja ..Masalah sudah selesai .. kalian buang buang energi aja dan buang kuota demi menghina, mencaci, dan memfitnah, ngga ngaruh ke hidup aku," tulis Cita Citata. 

 

Tantang Warganet

Unggahan Cita Citata (instagram.com/cita_citata)

Meski begitu, Cita Citata tidak ambil pusing dengan komentar-komentar warganet. Malahan, ia menantang warganet untuk bertemu langsung dengannya dan menyampaikan komentar-komentarnya secara langsung.

"aku masih bahagia kerjaan ada banyak Alhmdulillah ngeliat komentar kalian cuma bisa senyum, betapa bahagianya kalian bisa hina2 aku, Seneng pahalaku bertambah .. hihi 😁😇. Hayooo coba kalo ketemu berani ngga?! 🤪," lanjut Cita Citata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penampakan Tornado Hantam Pom Bensin di Thailand

Posted: 09 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Karyawan pom bensin berlari mencari perlindungan ketika tornado menerjang tempat kerjanya di Samut Prakan, Thailand. Beberapa warga yang berada di tempat berhasil merekam momen menegangkan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Siapkan Bike Sharing di Sejumlah Stasiun

Posted: 09 Oct 2019 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta tengah merencanakan program bike sharing di sejumlah tempat publik. Dengan program ini, Pemprov akan menyiapkan sejumlah sepeda yang bisa dipakai atau disewa.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, telah ada sembilan perusahaan yang berminat terlibat dalam program ini.

"Bike sharing itu sekarang sedang kita bahas. Sekarang sudah ada sembilan perusahaan yang minat untuk masuk," jelasnya di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

Syafrin mengatakan, pihaknya juga harus menyiapkan regulasi yang tepat. Dishub ingin perusahaan yang terlibat sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Dan tentu kita harus siapkan regulasinya sehingga nanti mereka dalam berusaha itu terfasilitasi secara baik kemudian masyarakat dalam menerima layanannya juga sesuai dengan standar yang kita tetapkan," jelasnya.

Program bike sharing ini telah berjalan di sejumlah negara maju. Nantinya titik yang akan diprioritaskan adalah di stasiun dan halte busway.

"Kita prioritaskan adalah di tempat tempat yang sudah menjadi demand-nya tinggi. Contohnya di stasiun, di halte busway, itu biasanya kan di sana," jelasnya.

Terkait kapan program ini mulai berjalan, Syafrin mengatakan secepatnya katena masih dalam pembahasan. "Tunggu tanggal mainnya," ujarnya.

Parkir Sepeda di Stasiun

Setelah meluncurkan jalur sepeda fase satu pertengahan September lalu, Pemprov DKI Jakarta dalam pekan ini juga akan meluncurkan jalur sepeda fase dua sepanjang 23 kilometer. Salah satu tujuannya selain untuk mengurangi polusi udara, juga untuk meningkatkan penggunaan transportasi publik.

Bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Pemprov DKI akan menyiapkan tempat parkir khusus sepeda di setiap stasiun guna memudahkan para pesepeda.

"Di stasiun memang belum (ada parkir sepeda). Kita akan koordinasikan dengan PT KAI dalam hal ini Daop I, untuk di setiap stasiun disiapkan jalur sepedanya juga," jelas Syafrin.

Syafrin mengatakan sejak lama para pengguna KRL diperbolehkan membawa sepeda masuk gerbong. Kini tinggal mendorong PT KAI menyiapkan tempat parkir untuk mendukung program Jakarta ramah bersepeda.

"Kita akan dorong untuk penyiapan parkir sepeda di stasiun. Kemudian ada pengarah mulai dari pintu itu misalnya sepedanya diletakkan di mana, ada posisinya, ada pengarah dari luar ke tempat parkir sepeda apakah itu marka ataupun rambu," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Dipikir Petani Demo, Ternyata Ucapkan Terima Kasih

Posted: 09 Oct 2019 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima perwakilan masyarakat perhutanan sosial di Istana Negara, Jakarta, Kamis pagi. Di awal pertemuan, Jokowi sempat bertanya kepada perwakilan masyarakat itu, apakah mereka bagian dari petani yang melakukan aksi di depan Istana.

"Ini yang hadir di sini itu termasuk bagian yang demo di depan itu?" tanya Jokowi.

"Iya," ucap petani yang hadir di Istana, Kamis (10/10/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku melihat banyak polisi berjaga saat hendak masuk Istana. Setelah bertanya kepada staf-nya, Jokowi mendapat informasi akan ada demonstrasi yang dilakukan masyarakat.

"Jadi ini apa, bukan demo?" tanya Jokowi kembali.

"Bukan," jawab perwakilan petani kompak.

"Lha, katanya ribuan ada demo besar itu apa. Berarti belum sambung. Dipikir demo, ternyata ucapan terima kasih. Itu bedanya jauh itu," sambung Jokowi.

Sebagai informasi, peserta aksi demo di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta adalah petani yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia. Berdasarkan pantauan, Jalan Merdeka Barat ditutup oleh polisi sehingga menimbulkan kemacetan.

Ucapkan Terima Kasih

Sementara itu, perwakilan masyarakat perhutanan sosial Siti Fitriyah menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas program perhutanan sosial di Indonesia. Siti menyebut bahwa program ini memberikan kesejahteraan kepada para petani.

"Terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kebijakan bapak menyelenggarakan program perhutanan sosial di Indonesia. Ini sungguh luar biasa karena ini bisa memberi penghidupan luar biasa pada petani," tutur Siti dalam kesempatan yang sama.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocorkan Rahasia Penting, Seorang Anggota Intelijen AS Ditangkap

Posted: 09 Oct 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Wahington - Seorang analis anti-terorisme di Defense Intelligence Agency (DIA) atau Badan Intelijen Pertahanan AS, ditangkap pada Rabu 9 Oktober karena diduga membocorkan informasi rahasia kepada wartawan, ujar pihak berwenang. 

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis, (10/10/2019), Henry Kyle Frese, 30, dari Alexandria, Virginia, ditahan ketika ia tiba di tempat kerja dan langsung dihadapkan dengan dua tuduhan pengungkapan informasi pertahanan rahasia.

"Frese tertangkap basah ketika mengungkapkan informasi keamanan nasional yang sensitif untuk keuntungan pribadi," ujar asisten jaksa agung John Demers kepada wartawan.

Departemen Kehakiman tidak mengungkapkan isi informasi yang diduga dibocorkan oleh Frese selain untuk mengatakan bahwa itu menyangkut "sistem senjata negara asing." Identitas kedua jurnalis yang diduga menerima informasi dari Frese juga tidak diungkapkan.

Namun menurut dugaan, para jurnalis yang terlibat, bekerja untuk CNBC dan NBC News, demikian informasi yang diperoleh dari dakwaan dan halaman Twitter Frese.

CNBC, mengutip "sumber-sumber didapat langsung dari laporan intelijen AS," melaporkan pada Mei 2018 bahwa China telah memasang rudal jelajah anti-kapal dan sistem rudal darat-ke-udara di Kepulauan Spratly yang diperebutkan.

Hingga kini, tidak ada tanggapan langsung dari CNBC terkait masalah penangkapan tersebut. 

Membocorkan Rahasia Negara

Ilustrasi Badan Intelijen Pertahanan AS/ Defense Intelligence Agency (DIA)

Frese diduga memiliki hubungan romantis dengan salah satu dari dua wartawan itu, menurut dakwaan yang dijatuhkan oleh dewan juri federal di Distrik Timur Virginia.

Frese adalah seorang kontraktor dengan DIA, yang merupakan dinas intelijen militer AS, sejak Januari 2017 hingga Februari 2018, dan seorang karyawan DIA  sejak itu, yang berkutat dengan banyak informasi hingga tingkat yang paling rahasia, ujar pihak berwenang.

Pada bulan April atau Mei tahun lalu, Frese diduga mengakses laporan intelijen "yang tidak terkait dengan tugas pekerjaannya di beberapa kesempatan" dan menyampaikan informasi kepada salah satu wartawan, menurut surat dakwaan tersebut.

Ponsel Frese turut dipantau dan dia kedapatan mengirimkan informasi rahasia ke salah satu wartawan bulan lalu, tambahnya.

"Frese diduga mengungkapkan informasi pertahanan nasional yang sangat rahasia, yang membahayakan negara dan orang-orang kita," kata agen khusus FBI, Alan Kohler.

"Dia melanggar sumpahnya untuk melayani dan melindungi Amerika Serikat."

Frese bisa menghadapi 10 tahun penjara untuk setiap informasi rahasia yang ia sebarkan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Tahu Bocoran Film SIN? Saksikan Sinemania Bersama Bryan Domani dan Mawar de Jongh

Posted: 09 Oct 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Film SIN adalah film yang ceritanya diadaptasi dari novel best seller karya Faradita. Film yang disutradarai oleh Herwin Novianto ini tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai, Kamis, 10 Oktober 2019.

Film SIN bercerita tentang kisah cinta antara kakak dan adik yang seharusnya tidak jatuh cinta. Raga (Brayan Domani) benci wanita yang terlalu banyak drama seperti Metta (Mawar de Jongh). Metta pun hanya ingin membuktikan bahwa Raga tidak ada bagusnya.

Singkat cerita merekapun terjebak dalam perasaan yang mendalam. Rupanya hubungan mereka berdua mempunyai hal yang tidak biasa, ternyata mereka berdua adalah saudara kandung. 

Ingin lihat bagaimana keseruan bersama para pemain Film SIN memberikan bocoran cerita filmnya? Langsung saja saksikan di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SKK Migas Yakin Indonesia Raih Kembali Masa Keemasan Produksi Minyak dan Gas

Posted: 09 Oct 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) ‎optimistis masih ada masa keemasan produksi minyak dan gas bumi (migas) Indonesia untuk kedua kalinya. Setelah mengalami penurunan sejak era 1990-an.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, masih ada harapan produksi migas Indonesia kembali meningkat, sebab dari 128 cekungan yang ada di Indonesia yang baru tereksplorasi baru 54 cekungan sedangkan sisanya 74 belum disentuh. Dari 54 cekungan sebanyak 19 cekungan yang baru berproduksi.

"Saya kira kita bangun optimisme ini, mungkin ini bisa jadi hal sangat penting adalah era keemasan kedua migas Indonesia," kata Dwi, saat menghadiri sarasehan migas nasional ke 2, di Kantor SKK Migas, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Dwi melanjutkan, dari 54 cekungan yang sudah dieksplorasi terdapat potensi minyak sebanyak 3,8 miliar barel, sedangkan 74 cekungan yang belum tersentuh ada potensi menyimpan kandungan minyak 7,5 miliar barel.

"Jadi masih ada potensi yang sangat besar," ibuh Dwi.

Menurut Dwi, terjadi perubahan paradigma pencarian migas di Indonesia, dengan bergesernya pencarian kandungan migas dari darat (onshore) menjadi di lautan dalam (offshore), kemudian dari wilayah barat ke‎ timur Indonesia.

"Offshore itu ada POD dari Blok Masela jadi gambaran penting potensi laut dalam dan bergerser ke daerah timur, maka potensi sangat besar," tuturnya.

 

Tantangan

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Mantan Direktur Utama Pertamina ini mengungkapkan, dalam kegiatan pencarian migas kedepannya akan menemukan beberapa tantangan, yaitu tingginya biaya investasi dan risiko, sehingga membutuhkan tingkat pengembalian modal (Internal Rate of Return/IRR) ‎yang besar serta waktu eksplorasi yang lama.

"Risiko yang banyak IRR harus masuk angka besar dan periode eksplorasi yang cukup panjang ini jadi kendala," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kegiatan Dunia Usaha Triwulan III Tumbuh Melambat

Posted: 09 Oct 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengumumkan Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU). Hasilnya, kegiatan usaha pada triwulan III 2019 tetap tumbuh positif, meskipun melambat dibandingkan dengan kegiatan usaha pada triwulan sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 13,39 persen, lebih rendah dari 19,17 persen pada triwulan sebelumnya.

"Pertumbuhan kegiatan usaha tetap positif, antara lain ditopang sektor konstruksi yang tumbuh meningkat," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko dalam keterangannya, Kamis (10/10/2019).

Sementara itu, perlambatan kegiatan usaha terutama terjadi pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan, khususnya pada subsektor pertanian tanaman bahan makanan yang dipengaruhi oleh faktor musim kemarau yang berkepanjangan.

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha tersebut, rata-rata kapasitas produksi pada triwulan III 2019 yang lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata pada triwulan sebelumnya.

BI juga melaporkan, tingkat penggunaan kapasitas produksi dari rata-rata 77,18 persen pada triwulan sebelumnya menjadi sebesar 75,42 persen. Sementara itu, tingkat penggunaan tenaga kerja juga lebih rendah, tercermin dari nilai SBT tenaga kerja sebesar 2,47 persen pada triwulan sebelumnya menjadi sebesar 1,40 persen.

 

Sisi Keuangan

Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari sisi keuangan, kondisi likuiditas dan rentabilitas dunia usaha serta akses kredit masih cukup baik meskipun relatif menurun dibandingkan triwulan sebelumnya.

Responden memprakirakan kegiatan usaha tetap tumbuh positif, meskipun tidak setinggi periode sebelumnya. Hal ini terindikasi dari SBT prakiraan kegiatan usaha pada triwulan IV 2019 sebesar 9,13 persen.

Pertumbuhan kegiatan usaha yang tetap positif diprakirakan ditopang terutama oleh sektor konstruksi dan sebagian besar sektor tersier.

Optimisme terhadap kegiatan usaha ke depan juga tercermin dari prakiraan investasi dan penggunaan tenaga kerja yang meningkat pada triwulan IV 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Suap Proyek Air Minum, KPK Periksa Enam Saksi

Posted: 09 Oct 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sekretaris PT Sinar Hutama Valasindo bernama Milea. Milea akan diperiksa dalam kasus suap proyek pengadaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

"Saksi Milea akan diminta keterangannya untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka LJP (Leonardo Jusminarta Prasetyo, Komisaris PT Minarta Dutahutama)," ujar Juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (10/10/2019).

Selain Milea, KPK juga memanggil sejumlah saksi lain, yakni Direktur Keuangan PT Menara Dutahutama Nimas Kartika Dewi dan Staf Keuangan PT Menara Dutahutama Christin Natalia Zai.

Kemudian Staf PT Menara Dutahutama Sayekti Wibowo, Pejabat Penandatangan SPM Satker Pengembangan SPAM Strategis Kementerian PUPR Wiwik Dwi Mulyani, dan Komisaris Utama PT Nindya Karya Sri Hartoyo.

"Semuanya diperiksa untuk tersangka LJP," kata Febri.

Dalam kasus ini Leonardo Jusminarta Prasetyo ditetapkan sebagai tersangka bersama anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil.

Rizal Djalil diduga menerima SGD 100 ribu dari Leonardo. Uang tersebut diberikan Leonardo lantaran Rizal membantu perusahaan milik Leonardo mendapatkan proyek SPAM jaringan Distribusi Utama (JDU) Hongaria dengan pagu anggaran Rp 79,27 miliar.

 

8 Tersangka

Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Sebelumnya, KPK telah lebih dahulu menjerat delapan orang sebagai tersangka dalam kasus ini.

Delapan tersangka tersebut yakni, ‎Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo (PT WKE) Budi Suharto, Direktur PT WKE Lily Sundarsih Wahyudi, Direktur Utama PT Tashida Sejahtera Perkasa (PT TSP) Irene Irma, dan Direktur PT TSP, Yuliana Enganita Dibyo. Keempatnya diduga sebagai pihak pemberi suap.

Sedangkan sebagai penerima suap, KPK menjerat empat pejabat Kementerian PUPR, yakni Kepala Satuan Kerja (Satker) SPAM Anggiat Partunggul Nahot Simaremare, PPK SPAM Katulampa Meina Woro Kustinah, Kepala Satker SPAM Darurat Teuku Moch Nazar, serta PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legiun Veteran RI Temui Jokowi, Sampaikan Peralihan Kepemimpinan

Posted: 09 Oct 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI). Jokowi didampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

Agus mengatakan, dalam pertemuan para veteran dengan Jokowi tersebut, Ketua Umum DPP LVRI Letjen TNI Purn Rais Abin menyampaikan pihaknya akan mengadakan musyawarah kerja nasional yang digelar hari ini dan akan dilakukan peralihan kepemimpinan.

"Tadi dilaporkan oleh LVRI terkait kegiatan organisasinya di mana ada mukernas berlangsung hari ini, ada peralihan kekuasaan ketua umum," kata Agus usai pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis.

Dia mengatakan, jabatan Rais Abin sebagai Ketua Umum DPP Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI) digantikan oleh wakilnya yaitu Saiful Sulun. Penyerahan jabatan itu dilaksanakan hari ini.

"Akan dikukuhkan di Mukernas yang akan dilaksanakan hari ini. Itu karena biar gimana pun, kepentingan dari itu berdasarkan kepres dari bapak presiden. Alhamdullilah bapak presiden menyetujui memberikan approval," kata Agus.

 

Senang Ada Regenerasi

Ribuan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia menanti kedatangan Presiden RI Joko Widodo pada acara buka puasa bersama dengan Keluarga Besar TNI dan Komponen Masyarakat di Mabes TNI, Jakarta, Senin (27/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara, Rais Abin pun merasa bahagia lantaran ada regenerasi kepemimpinan dan nantinya akan dilantik secepatnya.

"Kabar baik, kita berhasil melaksanakan regenerasi kepemimpinan yang sekarang. Mulai hari ini, pejuang kemerdekaan veteran pembela kebenaran. Kita laporkan itu, nanti kelanjutannya disampaikan ke Istana," kata Rais.

Acara pertemuan tersebut dihadiri Wakil Ketua Umum Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun, Mayjen TNI (Purn) Bantu Hadjijo, Ketua Tim Ahli LVRI, Masda TNI (Purn) FX Soejitno, Sekretaris Jenderal LVRI, Marsda TNI (Purn) IG N Danendra, Ketua Yayasan Gedung Veteran RI.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Perpanjang Kerja Sama Pengembangan KEK dengan Kadin

Posted: 09 Oct 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman perpanjangan kerja sama pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Penandatangan ini dilakukan langsung oleh Menteri Perekonomian Darmin Nasution dan Ketua Kadin Rosan Roeslani.

Menko Darmin mengatakan, nota kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta dunia usaha dalam mempercepat pembangunan dan pengembangan KEK sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Ini juga diharapkan untuk meningkatkan daya tarik investasi, dan meningkatkan nilai investasi.

"Yang lama sudah habis kita tanda tangan lagi kesepakatan antara kedua instasi ini untuk intinya bagaimana lebih menertibkan investasi dan berjalannya KEK yang sudah kita jalankan," kata Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Kamis (10/10).

 

Darmin mengatakan, dunia usaha memiliki peran penting dalam pengembangan KEK di berbagai pelosok Tanah Air. Oleh karena itu, guna mendorong dan meningkatkan partisipasi dunia usaha dalam mempercepat pembangunan dan pengembangan KEK, pihaknya kembali menggandeng Kadin sebagai motor penggerak industri Tanah Air.

"Karena Kadin tentu adalah payung dari semua dunia usaha berperan penting dalam melakukan komunikasi dan perusahan terkait di dalamnya untuk investasi di dalam KEK," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Rosan Roeslani menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian atas terselenggaranya kerja sama ini. Dia berharap, melalui kolaborasi ini ke depan banyak pelaku industri yang akan berinvestasi di Indonesia.

"Karena memang peran kami di Kadin tentunya selain memberikan masukan dan input dari KEK yang sudah jalan kita terus ingin melakukan penyempuranan dari segi perizinan kebijakan supaya ini jadi benar-benar friendly dan simplify bener-bener bisa tingkatkan iklim investasi di Indonesia," jelas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Tingkatkan Investasi KEK

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pramuwisata.

Sebagai informasi, nota kesepahaman ini berlaku selama jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan, dan merupakan perpanjangan atas Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus yang telah ditandatangani di Jakarta pada 27 Juli 2017 dan berlaku selama 2 (dua) tahun.

Melalui Nota Kesepahaman ini, upaya peningkatan investasi KEK dilakukan melalui serangkaian forum bisnis, road show, dan sosialisasi kepada investor.

Selain itu juga dengan meningkatkan kemampuan Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola KEK dalam pengelolaan dan pemasaran KEK melalui serangkaian kegiatan pelatihan, Focus Group Discussion (FGD), studi banding, dan kegiatan lain untuk menarik investasi serta memberi masukan dalam rangka evaluasi dan peningkatan daya saing KEK.

Kerja sama Dewan Nasional KEK dengan Kadin Indonesia meliputi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan investasi di KEK melalui serangkaian kegiatan pendukung. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan kapasitas badan usaha pembangun dan pengelola KEK terkait dengan pengelolaan dan pemasaran KEK dan memberikan masukan dalam rangka evaluasi dan peningkatan daya saing KEK.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Macam Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri, Bisa Mengancam Jiwa

Posted: 09 Oct 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri bisa mengintai siapa saja. Bakteri adalah organisme yang sebenarnya bisa membantu pencernaan makanan, penyerapan nutrisi, produksi vitamin, dan melindungi terhadap mikroba berbahaya lainnya. 

Sebaliknya, sejumlah penyakit yang berdampak pada manusia disebabkan juga oleh bakteri. Bakteri yang menyebabkan penyakit disebut bakteri patogen. Ada banyak macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri dapat menginfeksi bagian tubuh mana pun. Macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri bisa menimbulkan gejala dari ringan hingga serius.

Mewaspadai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat membuat Anda terhindari dari infeksi. Anda juga bisa mulai menjauhi pemicu macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini.

Macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri beberapa memerlukan penanganan serius karena bisa menyebabkan kematian. Berikut macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang berhasil dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(10/10/2019).

Meningitis

Meningitis (HQuality/Shutterstock)

Bakterial meningitis adalah peradangan selubung pelindung otak dan sumsum tulang belakang, yang dikenal sebagai meninges. Ini adalah infeksi serius yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan bahkan kematian. Meningitis bakteri dapat disebabkan oleh sejumlah bakteri. Bakteri spesifik yang menyebabkan meningitis bakteri bervariasi berdasarkan usia orang yang terinfeksi.

Untuk orang dewasa dan remaja, Neisseria meningitidis dan Streptococcus pneumoniae adalah penyebab paling umum dari penyakit ini. Pada bayi baru lahir, penyebab meningitis bakteri yang paling umum adalah Grup B Streptococcus, Escherichia coli, dan Listeria monocytogenes.

Sakit kepala yang parah adalah gejala meningitis yang paling umum. Gejala lain termasuk kekakuan leher dan demam tinggi.

Pneumonia

Pneumonia (Kenary820/Shutterstock)

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri. Sementara sejumlah bakteri dapat menyebabkan pneumonia, penyebab paling umum adalah Streptococcus pneumoniae S. pneumoniae biasanya berada di saluran pernapasan dan biasanya tidak menyebabkan infeksi pada orang sehat. Dalam beberapa kasus, bakteri menjadi patogen dan menyebabkan pneumonia.

Gejala infeksi ini meliputi demam tinggi, batuk, dan kesulitan bernapas. Bakteri S. pneumoniae juga dapat menyebabkan infeksi telinga, infeksi sinus, dan meningitis.

Tuberkulosis

Ilustrasi TB - TBC (iStockphoto)

Tuberkulosis (TB) disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru. TBC bisa mematikan tanpa pengobatan yang tepat. Penyakit ini menyebar melalui udara ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau bahkan berbicara.

Meskipun tuberkulosis menular, penyakit ini tak lantas mudah menular begitu saja. Bakteri penyebab TBC kadang-kadang bisa tetap hidup di udara selama beberapa jam, terutama di tempat-tempat kecil tanpa udara segar. Udara segar dan sinar matahari mempersulit bakteri untuk tetap hidup.

Kolera

Bakteri kolera (Vibrio cholerae) tampak mikroskopis (Wikimedia / Creative Commons)

Kolera adalah infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae. Kolera biasanya disebarkan oleh makanan dan air yang terkontaminasi oleh Vibrio cholerae. Sebagian besar kasus infeksi terjadi di daerah dengan air dan sanitasi makanan yang buruk.

Kolera dapat berkisar dari ringan hingga berat. Gejala bentuk parah termasuk diare, muntah, dan kram. Kolera bisa berakibat fatal. Dalam kasus yang parah, kehilangan cairan dan elektrolit yang cepat dapat menyebabkan kematian hanya dalam dua atau tiga jam. Bahkan dalam kasus-kasus tertentu, jika kolera dibiarkan tidak diobati, orang bisa mati karena dehidrasi dan syok hanya dalam 18 jam.

Disentri

Disentri (Africa Studio/Shutterstock)

Jenis Mirip Disentri Bacillary merupakan peradangan usus yang disebabkan oleh bakteri dalam genus Shigella. Mirip dengan kolera, disentri disebarkan oleh makanan dan air yang terkontaminasi. Disentri juga disebarkan oleh individu yang tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet.

Jenis ini menghasilkan gejala yang paling parah. Gejala parah termasuk diare berdarah, demam tinggi, dan nyeri. Cara terbaik untuk mencegah penyebaran Shigella adalah dengan mencuci dan mengeringkan tangan sebelum makan.

Infeksi Staph

Ilustrasi infeksi Staph (iStockphoto)

Infeksi Staph disebabkan oleh bakteri staphylococcus, jenis kuman yang biasa ditemukan di kulit atau di hidung orang yang sehat sekalipun. Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) adalah jenis bakteri Staphylococcus aureus atau bakteri Staph yang telah mengembangkan resistensi terhadap antibiotik.

MRSA biasanya menyebar melalui kontak fisik dan harus menembus kulit melalui luka, misalnya. MRSA paling sering didapat di rumah sakit. Bakteri ini dapat melekat pada berbagai jenis instrumen, termasuk peralatan medis.

Infeksi Staph dapat berubah mematikan jika bakteri menyerang lebih dalam ke tubuh memasuki aliran darah, persendian, tulang, paru-paru atau jantung.

Fasciitis nekrotikans (bakteri pemakan daging)

Bakteri pemakan daging Pseudomonas-aeruginosa (CDC)

Necrotizing fasciitis adalah infeksi serius yang paling sering disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes. Bakteri ini adalah bakteri pemakan daging, menghasilkan racun yang menghancurkan sel-sel tubuh, khususnya sel darah merah dan sel darah putih.

Ini menyebabkan kematian jaringan yang terinfeksi, suatu proses yang dikenal sebagai necrotizing fasciitis. Jenis bakteri lain yang juga dapat menyebabkan necrotizing fasciitis termasuk Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Klebsiella, dan Clostridium.

Orang-orang mengembangkan jenis infeksi ini paling umum dengan masuknya bakteri ke dalam tubuh melalui luka atau luka terbuka lainnya di kulit. Individu yang sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik, dan yang mempraktikkan kebersihan luka perawatan yang baik berisiko rendah untuk mengembangkan penyakit ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lukisan Mona Lisa di Museum Louvre Dilindungi Kaca Antipeluru

Posted: 09 Oct 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengunjung Museum Louvre di Paris harus membuka mata lebar-lebar untuk bisa melihat dengan jelas senyum Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Hal itu terjadi setelah pengelola museum memasang kaca anti-peluru yang lebih transparan sebagai pelindung lukisan paling populer di dunia itu.

Mona Lisa telah berada di balik kaca pengaman sejak awal 1950-an, ketika rusak oleh seorang pengunjung yang menuangkan asam di atasnya. Sejak itu, ada beberapa upaya percobaan perusakan lukisan yang gagal dilakukan.

Vincent Delieuvin, kurator seni Italia abad ke-16 di museum itu mengungkapkan bahwa teknologi kaca yang digunakan telah ditingkatkan secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Adapun kaca anti-peluru berusia 15 tahun dari lukisan itu tak lagi memberikan pengalaman mengamati lukisan sebaik mungkin.

"Hari ini, Mona Lisa ada di balik kaca yang sangat transparan, yang benar-benar memberi kesan sangat dekat dengan lukisan itu," kata Delieuvin, dikutip dari Reuters, Rabu, 9 Oktober 2019.

Pada 24 Oktober 2019, Louvre akan membuka pameran yang merayakan karya-karya Leonardo da Vinci. Ini sekaligus untuk menandai peringatan 500 tahun kematiannya.

Pameran ini akan menampilkan hampir 120 karya, termasuk lukisan, gambar, patung, dan manuskrip dari lembaga-lembaga Eropa dan Amerika, tapi Mona Lisa akan tetap berada di kamar khusus di sayap Denon Louvre.

Lukisan Mona Lisa

Salah satu koleksi terbaik dari Museum Louvre adalah lukisan karya Leonardo da Vinci yang berjudul Mona Lisa. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Museum Louvre di Paris jadi salah satu destinasi wisata favorit. Museum ini menyimpan ribuan karya seni terkenal dunia dan original, salah satunya lukisan Mona Lisa.

Menurut Catharina, pemandu Museum Louvre, seperti diberitakan Liputan6.com, sebenarnya lukisan Mona Lisa itu awalnya kurang begitu terkenal dibandingkan lukisan dan karya seni da Vinci yang lain. Hanya saja, lukisan ini sempat bikin heboh ketika dicuri pada 1911 oleh dua bersaudara Vincenzo dan Michele Lancelotti, serta pemimpin komplotannya Vincenzo Perugia.

Lukisan itu ditemukan ketika sang pencuri ingin menjualnya ke pengoleksi lukisan. Karena kasus pencurian ini sudah tersebar ke pelosok dunia, sehingga besarlah nama Mona Lisa. Orang-orang pun ingin melihat lukisan fenomenal ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Kopling Mobil

Posted: 09 Oct 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski jumlah pengguna mobil dengan transmisi otomatis semakin meningkat, peminat mobil transmisi manual juga masih tergolong banyak.

Berbeda dengan transmisi otomatis, masalah yang sering dirasakan mobil bertransmisi manual terletak di bagian kopling. Memiliki fungsi menyalurkan tenaga kepada mesin mobil, komponen ini merupakan bagian penting pada transmisi manual.

Apabila komponen ini mengalami masalah, maka mobil akan rentan mengalami kerusakan dan risiko terburuknya ialah turun mesin. Berikut cara mendeteksi kopling mobil yang mulai rusak:

Kopling Sulit Digunakan

Gejala pertama yang paling sering dirasakan apabila kopling sudah mulai rusak adalah pedal kopling lebih dalam untuk bisa memindahkan transmisi. Selain itu, transmisi juga terasa keras ketika hendak dipindahkan.

Terdapat pula gejala lain yang menandakan kerusakan kopling yang cukup parah. Ketika hendak masuk ke gigi satu, mobil tidak mau bergerak.

Solusi dari masalah ini ialah melakukan pergantian kopling sehingga komponen lain tak ikut mengalami kerusakan.

 

Tenaga Mesin Berkurang

Gejala selanjutnya, tenaga yang dirasakan tidak sesuai. Sebagai contoh, ketika pengendara menggunakan gigi 3 dan memindahkan ke posisi 4, kekuatan yang dihasilkan tidak sesuai. Bisa saja kecepatan yang dihasilkan sama atau malah menurun dari seharusnya.

Contoh lainnya, ketika berkendara di tanjakan, umumnya Anda akan menggunakan gigi 1. Namun, mobil justru tidak memiliki kekuatan untuk menanjak dan mendapat getaran.

Apabila hal ini terjadi, Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa di bagian cover clutch dari komponen koplingnya.

Terdengar Suara Bising pada Kopling

Gejala lain yang bisa dialami apabila mobil mulai mengalami kerusakan di bagian kopling ialah muncul suara yang tidak biasa saat memindahkan gigi.

Muncul dari bearing kopling, karena mulai mengering, pemilik mobil sebaiknya menambahkan pelumas khusus di bagian tersebut. Jika masih terdengar suara bising, bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AKBP Rudy, Kapolres Kebumen si Ahli Hipnosis yang Bikin Penjahat Bertobat

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - "Saya menyesal. Saya tidak akan mengulanginya lagi. Kepada orangtuaku, saya mohon maaf".

Petikan kalimat di atas bukan bukan cerpen apalagi drama. Kata-kata itu meluncur dari tersangka penggelapan mobil WS, di depan Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, si ahli hipnosis investigasi terapi.

Ungkapan penyesalan itu disampaikannya kepada Kapolres Kebumen di depan awak media. Tersangka yang mula-mula berdiri lantas menangis dalam pelukan kapolres.

Usia WS masih belia. Ia baru berumur 29 tahun. Namun, ia diduga telah bertindak kriminal. Tentu saja, banyak yang menyangka ia pemuda bengal. Tetapi, di depan Kapolres yang ahli hipnosis ini, ternyata si pemuda bengal ini luluh dan menyesali perbuatannya.

Tersangka WS adalah warga Kecamatan Pejagoan, Kebumen. Ia ditangkap oleh Unit Reskrim Polsek Kebumen karena menjual kendaraan Mobil Toyota Avanza tahun 2007 milik Suharyanto warga Kecamatan Kebumen yang direntalnya.

WS tak beraksi sendirian. Tersangka lainnya inisial RZ, yang juga sama-sama berusia 19 tahun, warga Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Rudy menjelaskan, peristiwa penggelapan mobil itu terjadi pada 1 Juli 2019 silam. Modusnya, tersangka menyewa kendaraan selama tiga hari untuk kegiatan di Jakarta.

"Namun pada kenyataannya, mobil yang disewa selanjutnya dijual senilai Rp 15 juta kepada seseorang yang saat ini menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang)," ucap Rudy.

Lama tak ada kabar. Akhirnya si pemilik mobil melapor ke Polsek Kebumen. Kedua tersangka ditangkap pada Jumat (27/10/2019) atau empat hari setelah laporan masuk. Tersangka dijerat dengan pasal 372 KUH Pidana.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Mengenal Metode Hipnosis Investigasi Terapi

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

"Tersangka sudah menyesali perbuatannya. Namun demikian proses hukum tetap berlanjut. Kami melakukan pendekatan hati ke hati. Mudah-mudahan di kemudian hari, para tersangka tidak mengulangi perbuatannya," ucapnya, menjelaskan hipnosis investigasi terapi.

Rudy Cahya menerangkan, penanganan tindak kriminal tak melulu penjara atau hukuman. Ada sebuah terobosan agar pelaku kriminal bertobat. Ia mengaplikasikan hipnosis investigasi terapi.

Para mantan tahanan Polres Kebumen pun dapat dituntun dan kembali ke jalan yang benar dengan metode ini. Rudy bilang, apa yang dilakukannya adalah pendekatan dari hati ke hati.

"Metode ini namanya hipnosis investigasi terapi. Jadi melalui alam bawah sadarnya, tersangka akan menyesali perbuatannya," dia menjelaskan.

Dia menjelaskan, momen ketika tersangka rental mobil menyesali perbuatannya itu adalah proses hipnosis investigasi terapi langsung kepada tersangka pelaku kejahatan. Pelaku menyesal dan berjanji tak akan melakukan perbuatan serupa di kemudian hari.

"Selanjutnya kita arahkan agar tahanan Polres Kebumen menutup diri jika ada ajakan jahat di kemudian hari," dia menerangkan.

Secara teknis ia cukup membuat tersangka nyaman. Selanjutnya disisipkan pesan Kamtibmas kepada yang bersangkutan. Metode ini, menurutnya, sangat efektif untuk menekan angka kejahatan.

"Jadi apa yang diucapkan saat dihipnoterapi adalah keinginan hati nurani yang bersangkutan, bukan paksaan siapa pun. Ini merupakan komunikasi efektif," dia mengungkapkan.

Metode ini juga bisa diterapkan untuk tersangka yang mengalami stres saat berada di tahanan. Tak jarang, tersangka mengalami tekanan jiwa lantaran proses hukum yang dihadapinya.

Rudy mengaku telah lama menerapkan metode itu kepada para tersangka di tempat tugas sebelumnya. Tak terhitung berapa tahanan yang ia luluhkan dengan metode ini.

Keahlian hipnosis investigasi terapi tak didapat secara instan. Kapolres mengaku mengikuti pelatihan khusus, dan melatih kemampuannya terus menerus.

"Selanjutnya bisa juga diterapkan kepada tersangka yang mengalami stres, agar lebih tenang menghadapi proses hukum," dia menerangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Ban Serep, Ivan Rakitic Ancam Barcelona

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Ivan Rakitic mengancam Barcelona. Gelandang berusia 31 tahun tersebut kesal menjadi ban serep tim asuhan Ernesto Valverde.

Pada ajang La Liga, Ivan Rakitic telah mencatatkan lima penampilan di Barcelona, tapi hanya sekali masuk dalam starting XI. Dia baru bermain selama 157 menit.

Catatan menit bermainnya kalah dari gelandang Barcelona lainnya, Sergio Basquets (449 menit), Frenkie de Jing (629 menit), hingga Carles Perez (404 menit).

Dengan minimnya kesempatan bermain, Ivan Rakitic meradang. Dia mengancam bakal meninggalkan Camp Nou bila semakin banyak menjadi pemain pelapis.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi sekarang. Sulit karena saya ingin bermain dan tidak hanya menjadi bagian dari tim. Saya akan melakukan segalanya untuk mengubah situasi saya," kata gelandang Barcelona asal Kroasia itu, dikutip dati Football Espana.

 

Tak Mau Jalan-Jalan di Pantai

Ivan Rakitic menerima gaji sebesar 130.000 pound sterling per minggu dengan durasi kontrak hingga 2021. (AFP/Cristina Quicler)

Bersama Barcelona, mantan pemain Sevilla itu masih memiliki kontrak hingga 30 Juni 2021. Rakitic sangat mencintai Barcelona, tapi dia membutuhkan menit bermain lebih banyak.

"Kontrak saya tersisa dua tahun lagi dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk bermain selain Barcelona, klub terbaik di dunia, tetapi saya perlu bermain dan tidak hanya berjalan-jalan di sekitar kota dan pantai," ujar Rakitic.

"Saya berbicara dengan pihak klub, semua orang tahu saya punya pilihan lain. Saya ingin bertarung sehingga tim melihat saya siap untuk tampil di lapangan."

"Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar atas dukungan yang mereka tunjukkan kepada saya akhir pekan ini, tetapi bila tidak ada perubahan, kami harus duduk dan membicarakan situasi saya lagi," ucapnya melanjutkan.

 

Perjalanan Rakitic di Barcelona

Rakitic bergabung dengan Barcelona pada 2014 dari Sevilla. Dia sudah mencatatkan 274 pertandingan untuk tim Katalunya tersebut dan mencetak 34 gol serta 37 assist.

Bersama klub berjulukan Los Blaugrana itu, Rakitic telah memenangi empat gelar La Liga, empat Copa del Rey dan Liga Champions 2015.

Sementara di tingkat internasional, dia telah tampil lebih dari 100 kali untuk negaranya, dengan pencapaiannya terbaik adalah menjadi runner-up di Piala Dunia 2018.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Penderita HIV/AIDS Capai 1.163 Orang di Situbondo

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Penanggulangan AIDS pada Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat sejak 2010 hingga Juni 2019 ada 1.163 orang menderita HIV/AIDS di kota itu.

"Selama ini anggaran untuk penanganan HIV/AIDS hanya Rp50 juta per tahun, selebihnya penanganan penderita ditopang APBN," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Abu Bakar Abdi saat rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPRD Situbondo, Rabu 9 Oktober 2019.

Dilansir dari Antara, dari 1.163 penderita HIV/AIDS itu, sebanyak 203 orang penderita penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh itu ditemukan pada 2019.

Menurut Abu Bakar, penyebab utama penyebaran HIV/AIDS melalui seks bebas. "Penderita yang sudah terdeteksi, Dinkes telah menyiapkan obat ARV serta nutrisi tambahan. Saat ini RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo juga sudah bisa melayani pengobatan bagi ibu hamil pengidap HIV/AIDS," ucapnya.

KPA Situbondo serius memutus mata rantai penularan HIV/AIDS. Menurut Abu Bakar, semakin banyak penderita ditemukan akan memudahkan melokalisasi penderita agar tak menular.

Ia mengatakan, penanganan HIV/ADIS dilakukan dari hulu ke hilir, seperti ibu hamil pengidap HIV/AIDS langsung menjalani pemeriksaan melalui bidan masing-masing, agar supaya anak yang dilahirkan tak menimbulkan masalah baru.

"Paling tinggi penderita HIV/AIDS ibu rumah tangga 54,2 persen, sedangkan dari usia, 87,1 persen usia produktif antara15 hingga 50 tahun," paparnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Situbondo Fahrudi Apriawan mendukung penuh langkah Komisi Penanggulangan AIDS untuk menanggulangi kasus HIV/AIDS tersebut.

"Kita minta pemkab menaikkan anggaran untuk KPA. Kasus HIV/ADIS ini seperti gunung es yang akan 'meledak' pada saatnya jika tidak benar menanganinya. Kami akan dukung peningkatan anggarannya," kata politikus PPP itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perayaan Ulang Tahun Berujung Maut, 2 Mahasiswa Tewas Tenggelam

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat merayakan hari ulang tahun teman, kita sering kali merayakannya dengan sesuatu yang berlebihan. Seperti yang terjadi baru-baru ini, dua mahasiswa Universitas Islam Negeri UIN Raden Intan Lampung meninggal dunia setelah tenggelam di dalam embung.

Diketahui korban bernama Azrul Amin dan Iqbal Firmansyah, keduanya adalah mahasiswa MTK Fakultas UIN Tarbiyah RIL. Keduanya ditemukan dalam kondisi yang sudah tidak bernyawa di kampus Universitas Islam Negeri UIN Raden Intan Lampung, Sukarame, Bandarlampung pada Senin (7/10/2019) pukul 16.50 WIB.

Sebelumnya, Azrul merayakan ulang tahun bersama teman-temannya termasuk Iqbal. Mereka merayakannya dengan cara memotong kue hingga memberi hadiah kepada Azrul. Lalu ada inisiatif dari beberapa teman Azrul untuk menceburi Azrul ke dalam embung.

Inisiatif tersebut pun terlaksana, Azrul diceburkan di pinggir embung saja, bahkan Azrul masih bisa untuk berdiri. Namun Iqbal melempar sepatu Azrul hingga ke tengah.

Azrul mencoba untuk pergi ke tengah embung itu mengambil sepatunya, namun keadaan embung cukup dalam dan membuatnya tenggelam. Iqbal yang melihat Azrul tenggelam pun segera menolongnya, namun naas Iqbal pun tidak dapat menolong Azrul hingga keduanya tenggelam bersama dan menjadi korban.

 

 

1. Evakuasi Korban

Sumber: istimewa

Korban baru berhasil dievakuasi pada pukul 16.50 WIB dan diperkirakan meninggal pada 15.25 WIB.

2. Kasus segera diproses oleh pihak berwajib

(Liputan6.com/ilustrasi)

Kasus ini pun ditangani oleh Polsek Sukarame. Kapolsek Sukarame AKP Poeloeng Arsa Sidanu mengatakan bahwa polisi masih melakukan penyidikan dan pemeriksaan sejumlah saksi.

3. Komentar Netizen

Kasus tersebut pun menjadi viral di kalangan warganet. Banyak yang menyayangkan inisiatif perayaan ulang tahun yang aneh tersebut. Ada juga yang berpendapat bahwa merayakan ulang tahun harus dalam batas sewajarnya saja, karena jika berlebihan akan berakibat fatal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Khofifah: Pembentukan KEK Garam di Madura Tunggu Investor

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyatakan, rencana pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) garam di Pamekasan, Madura, Jawa Timur saat ini masih menunggu investor yang masuk, setelah bupati Pamekasan menyiapkan lahan untuk lokasi tersebut.

"Kalau tahapan KEK garam memang sudah masuk ke Kemenko Ekonomi, dan Pak Menko sudah datang ke Pamekasan. Saat ini yang ditunggu adalah masuknya investor yang kuat," kata Gubernur Khofifah usai menghadiri "cangkrukan" Forkopimda Jatim bersama petani garam di salah satu hotel di Sidoarjo, Rabu malam 9 Oktober 2019.

Ia mengatakan, Pulau Madura bakal dijadikan sebagai KEK khusus garam mengingat pulau tersebut merupakan penghasil garam yang bagus, dilansir dari Antara.

"Dengan adanya kawasan ekonomi khusus tersebut, maka akan memberikan nilai tambah, terutama untuk petani garam," kata dia.

Khofifah mengatakan, jika kawasan ekonomi itu terbentuk maka yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah adalah membantu menyiapkan infrastruktur, seperti jalan, listrik, dan air.

"Kalau ada KEK maka perizinan satu titik, tidak melewati berbagai instansi kabupaten kota atau pusat karena semuanya terintegrasi di kawasan itu," katanya.

Menurut dia, KEK akan memberikan jawaban strategis bagaimana hilirisasi garam petani garam atau menyiapkan industri substitusinya.

"Sampai hari ini, bahan infus masih impor di mana salah satu komponennya garam. Yang diusahakan bagaimana garam bisa dijadikan bahan-bahan dari infus, bagaimana garam menjadi bahan baku industri lainnya," ujar dia.

Ia mengatakan, jika KEK itu dibentuk, ada sentralisasi, sehingga warga Madura yang nantinya menjadi "komandan" karena sumber daya manusia sudah mumpuni.

"Saat ini, sebagai upaya menuju KEK itu sudah ada SMK garam di Madura," katanya.

Amirin, salah satu petani garam asal Madura, menyambut baik rencana tersebut supaya petani garam bisa lebih sejahtera. "Kami sangat mendukung langkah itu asalkan para petani itu bisa lebih sejahtera," katanya.

Pemerintah Akui KEK Belum Menarik bagi Investor

Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia (Ilustrasi: kek.go.id)

Sebelumnya, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian tengah membahas berbagai kebijakan untuk menarik lebih banyak investasi masuk ke dalam negeri.

Salah satunya melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang telah diluncurkan di berbagai daerah.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Ellen Setiadi mengatakan, selama ini fasilitas perpajakan yang telah disiapkan bagi KEK ternyata belum menarik investor. Penyelenggaraan usaha dilokasi KEK masih dianggap 'ribet' oleh pemilik dana.

"Sekarang sudah ada 12 KEK, cuma ada satu di Jawa selainnya di luar. Kalau kita lihat, sudah di kasih fasilitas tapi belum dianggap menarik. Jadi kita akan revisi menyangkut insentif dan kemudahan," ujar Ellen di Kantornya, Jakarta, Senin, 10 Juni 2019.

"Penyelenggaraannya masih dianggap ribet. Pengelolaannya kuranglah mereka anggap. Khusus untuk Insentif fiskal dan pengelolaan lainnya itu kita ubah," sambungnya.

Ellen melanjutkan, untuk membuat KEK semakin menarik pemerintah akan mengubah peraturan pemerintah (PP) nomor 96 tahun 2015 terkait Fasilitas dan Kemudahan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Setidaknya ada 3 hal yang akan diubah.

"Pertama, penegasan tax holiday dan allowance. Tentu tax holiday ini akan berbeda dengan yang umum. Kita akan berikan kemudahan dan kelebihan. Tax allowance mengikuti sama. Kedua, beberapa yang belum tegas di PP 96, PPN jasa dibebaskan apa tidak karena itu KEK. Itu harus dibebasin," ujar dia.

Ketiga, kata Ellen, hal yang cukup penting adalah pengenaan pajak penghasilan (PPH) wajib pajak investor dari luar negeri. "Kalau PPH lebih tinggi dari negara asalnya, orang nanti enggan," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 10 Negara dengan Daya Saing Terbaik di Dunia

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Forum Ekonomi Dunia (WEF) baru saja merilis 10 negara dengan daya saing terbaik di dunia. Dalam laporanya tersebut, negeri singa tercatat menduduki peringkat pertama.

Sebagai negara paling kompetitif di dunia, apa saja yang diunggulkan dari negeri Singapura? Tercatat, Singapura ternyata unggul di 103 indikator utama.

Keunggulan itu mulai dari keterampilan digital, inflasi, hingga tarif perdagangan pada 141 negara lainnya. Di level usia harapan hidup, Singapura bahkan berada di peringkat nomor satu yakni dengan anak-anak yang baru lahir diperkirakan akan hidup sampai usia 74 tahun.

Lantas, dimana ya posisi negeri adidaya seperti Ameria Serikat? Tepat di bawah Singapura, AS tercatat menduduki posisi kedua dalam competitiveness (daya saing) di tingkat global.

Kalahnya AS dengan Singapura disebabkan salah satunya terkait kontestasi politik yaitu perang dagang antara AS-China yang berkepanjangan.

China sendiri terlampau jauh dengan AS yakni dalam posisi ke-28 dalam hal daya saing dengan skor 73,9. China juga kalah dengan Malaysia yang berada di peringkat 27.

 

Indonesia Turun 5 Peringkat

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jika Malaysia menduduki posisi ke-27, bagaimana dengan Indonesia? Dua kali lipat jauhnya dengan China, Indonesia terhempas jauh dan berada di peringkat 50 dalam hal daya saing.

Tahun ini, Indonesia bahkan turut 5 peringkat jika dibandingkan tahun 2018 lalu. Adapun skor Indonesia berada di 64,6. Kemudian, apa yang masih kurang dari Indonesia?

Seperti sering disebutkan, RI masih tertinggal dalam hal inovasi. Meski ada peningkatan, kapasitas inovasi masih tercatat terbatas.

Positifnya, WEF menilai tingkat adopsi teknologi Indonesia tinggi. Namun, itu belum dibarengi dengan akses dimana kualitas akses masih relatif rendah.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani kerap kali mengungkapkan Indonesia memang masih tertinggal dalam hal daya saing dengan Korea Selatan maupun tetangganya yakni Malaysia.

Pengayaan teknologi dan inovasi, serta diikuti dengan perizinan investasi yang mudah menurutnya akan mengkerek posisi daya saing RI di kancah internasional.

"Kita kalah dari 2 negara seperi Korsel yang sudah sangat advance yang sudah bisa motong garis kemiskinan dan masuk higher income country. Malaysia sudah upper middle income country," ujarnya (12/9).

 

Daftar 10 Negara Berdaya Saing Terbaik di Dunia

Tempat yang wajib dikunjungi saat melancong ke Singapura adalah kawasan Merlion Park.

Agar lebih jelas, berikut daftar 10 negara dengan daya saing terbaik di dunia versi World Economic Forum 2019:

1. Singapura

2. Amerika Serikat

3. Hong Kong

4. Belanda

5. Swiss

6. Jepang

7. Jerman

8. Swedia

9. Britania Raya

10. Denmark

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dianggap Tak Sopan, Arteria Dahlan jadi Trending Topic

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Trending topic media sosial hari ini dipenuhi dengan nama politikus Arteria Dahlan. Arteria dianggap tidak sopan terhadap profesor Emil Salim dengan menyebut Emil sesat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Pencarian Joker di Situs Video Panas Meroket Tajam

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Joker kini menjadi buah bibir di kalangan pecinta film. Tak hanya membicarakan ciamiknya akting Joaquin Phoenix dalam film arahan Todd Phillips ini, tapi juga mengenai sejumlah kontroversinya.

Ternyata tak hanya penggemar film bioskop yang menyambut Joker dengan sambutan hangat. Orang-orang yang gemar menyaksikan film panas pun ikut penasaran dengan sosok ini.

Dilansir dari Cinema Blend, Kamis (10/10/2019) situs video panas Pornhub menyebutkan ada banyak pencarian tentang Joker di platform ini. Sekadar informasi, Pornhub adalah salah satu situs terpopuler di dunia yang berada di urutan Alexa ke-45 secara global.

Berdasarkan data dari Pornhub, pencarian yang mengandung kata Joker mencapai 741 ribu hanya dalam waktu empat haru. Puncaknya adalah pada 6 Oktober 2019, saat pencarian mancapai 291 ribu dalam sehari. 

Harley Quinn

Margot Robbie sebagai Harley Quinn di film Suicide Squad. (Warner Bros/DC Comics)

Joker bukanlah tokoh DC pertama yang membuat para penggemar film panas penasaran. Setelah Suicide Squad dirilis, Pornhub juga mencatat pengunjungnya ramai-ramai mencari video panas dengan kata kunci Harley Quinn.

Meski telah lama dirilis, trend pencarian di situs dewasa ini tidak juga menurun. Apalagi popularitas sang pemeran Harley Quinn, Margot Robbie, terus menanjak.

Bahkan Pornhub mengumumkan bahwa pencarian atas Harley Quinn di situs ini sepanjang 2018, mencapai 10 juta kali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Startup Asal Bandung Jadi Juara Arena Pitch Battle di Tech in Asia 2019 Conference

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laporan Google, Temasek, dan Bain & Company bertajuk e-Conomy SEA 2019 menyebutkan, pendanaan investor ke startup di kawasan Asia Tenggara selama paruh pertama 2019 mencapai USD 7,6 miliar (sekitar Rp 107 triliun). Nilai ini meningkat sekitar 7 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2018.

Melihat potensi tersebut, Tech in Asia sebagai salah satu platform komunitas teknologi dan startup terbesar di Asia, menyelenggarakan konferensi regional Tech in Asia sebagai penghubung bagi para startup dengan investor.

Salah satu sesi menarik di ajang ini adalah Arena Pitch Battle. Di sesi ini, startup asal Bandung, Simak, meraih titel juara pertama, disusul oleh Wisible (Thailand) sebagai juara kedua, dan Halofina (Indonesia) sebagai juara ketiga.

Sesi ini disponsori oleh Surge, akselerator startup di bawah naungan perusahaan modal ventura Sequoia Capital. Selain hadiah senilai ribuan dolar USD, startup terpilih juga akan mendapatkan pembinaan dari Surge. Berikut profil dari dari para finalis:

  • Wisible (Thailand) - startup penyedia layanan platform Customer Relationship Management (CRM). Platform ini menawarkan layanan CRM yang telah terintegrasi dengan beragam kanal komunikasi.
  • Simak-Online (Indonesia) - aplikasi terintegrasi yang dapat digunakan oleh sekolah, guru, dan siswa untuk dapat terkoneksi satu sama lain. Startup ini menawarkan kemudahan bagi administrasi sekolah dalam pengelolaan kegiatan dan penilaian.
  • QueQ (Thailand) - startup ini menawarkan solusi agar pengguna tidak perlu membuang-buang waktu hanya untuk mengantre di suatu tempat. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memesan tiket dan memonitor panjangnya antrean, baik di bank, rumah sakit, maupun tempat lainnya.
  • Meiro (Singapura) Meiro - startup Customer Data Platform (CDP) yang mampu menyatukan data online maupun offline milik pengguna.
  • Halofina (Indonesia) - startup dengan konsep asisten virtual bagi generasi milenial yang ingin mulai menata alokasi keuangan mereka. Caranya dengan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi ritel, emas, dan lainnya.

Simak Tawarkan Solusi Manajemen Sekolah Menyeluruh

Startup lokal Simak menawarkan solusi manajemen sekolah secara menyeluruh. Ditemui di Tech in Asia 2019 Regional Conference di Jakarta Convention Center, Rizky Atmanda selaku pendiri dan CEO dari Simak memaparkan beberapa solusi yang dia tawarkan.

"Kami punya beberapa produk. Ada produk untuk guru, siswa dan orang tua," kata Rizky mengawali penjelasannya.

Layanan-layanan itu, lanjut Rizky, mencakup berbagai modul yang saling terintegras dan bersifat multipengguna, sehingga baik guru, siswa maupun orang tua dapat mengakses Simak.

Beberapa layanan yang dimaksud antara lain data kehadiran guru dan siswa, media untuk penyimpanan dokumen sekolah, sarana penyampaian berita dan perkembangan sekolah secara aktual, rancangan pembelajaran yang berisi rencana bahan ajar mata pelajaran, dan laporan kedisiplinan langsung dari guru.

Saat ini startup yang berbasis di Bandung itu sudah bermitra dengan lebih dari 400 sekolah di Jakarta, yang mencakup lebih dari tiga ratus ribu siswa, tiga ratus ribu orang tua dan dua puluh ribu guru.

Ketika dikonfirmasi mengapa memilih sekolah-sekolah di Jakarta, Rizky menyebut secara regulasi dan infrastruktur, sekolah-sekolah di Jakarta sangat cocok.

"Jakarta lebih mendukung dari segi regulasi. Jadi Dinas Pendidikan DKI Jakarta pegang SD, SMP, SMA. Semuanya satu pintu. Kalau Bandung belum mendukung," kata ujar Rizky melanjutkan.

Selain itu, pada awalnya Simak melakukan pilot project dengan SMAN 61 dan SMAN 54 Jakarta. Berbekal hasil dari pilot project itu, Rizky dan timnya memberanikan diri untuk mengajukan kemitraan dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Tech in Asia 2019

"Para pendiri, inovator, dan investor pendahulu telah menciptakan ekosistem yang kolaboratif dan fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan untuk mengembangkan ekosistem startup di Asia, kami berusaha menjadi penghubung yang membantu pengusaha digital dalam membangun bisnis di pasar Asia," ujar Chief Operating Officer Tech in Asia, Maria Li, saat membuka acara.

Pada konferensi ini 301 startup dari 15 negara juga menampilkan produk inovatif masing-masing di segmen Startup Factory. 40 vertikal hadir di pameran ini dengan e-commerce, edukasi, dan finansial menjadi vertikal dengan jumlah startup terbanyak.

"Kami akan terus berkembang bersama ekosistem, dan menyukai seluruh feedback yang diberikan. Jadi jangan ragu untuk memberi tahu kami berbagai cara agar dapat terus mendukung perkembangan ekosistem startup di Asia," tutur Maria.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Bekas Jerawat jadi Bopeng

Posted: 09 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jerawat timbul akibat peradangan pada pori-pori folikel rambut yang tersumbat. Jerawat biasanya menyimpan cairan nanah di dalam kantung yang membengkak. Secara alami, jerawat akan kempes dengan sendiri.

Namun, tangan kadang kerap usil memencet jerawat di wajah. Padahal hal ini bisa membuat jerawat jadi membekas.

"Salah satu penyebab paling umum adalah kebiasaan memencet jerawat sehingga terjadi manipulasi jaringan kulit. Luka akan terbentuk cukup dalam dan merusak struktur kulit," papar dokter spesialis kulit dan kelamin, Shinta Damayanti, di ERHA Derma Center Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Selain itu, bopeng di wajah juga bisa timbul akibat penggunaan makeup yang terlalu tebal pada saat berjerawat. Makeup terlalu tebal dapat menyumbat pori-pori yang membuat jerawat semakin meradang.

 

Ilustrasi/copyright shutterstock

Beberapa jenis treatment tidak dianjurkan dilakukan ketika kulit sedang berjerawat. Terutama tindakan yang memakai jarum dalam salah satu prosedurnya.

"Yang penting tidak ada jerawat aktif. Mesti sembuh dulu baru dilakukan perawatan. Selain itu tidak boleh ada infeksi seperti herpes atau infeksi bakteri lain agar inflamasi tidak semakin parah," jelas Shinta.

Mengatasi Bekas Jerawat

Ilustrasi Foto Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

Bekas jerawat yang ringan seperti noda kehitaman atau kemerahan dapat diatasi dengan cara lebih mudah.

"Hiperpigmentasi cukup memakai krim wajah, kalau kemerahan dengan laser yang ditembak ke pembuluh darah."

Akan tetapi, bopeng yang sudah terlalu dalam tidak bisa diatasi dengan dua cara tersebut. Diperlukan perawatan khusus yang bersifat merangsang kolagen dan elastin.

Kedua zat itu merupakan jenis protein yang mampu meregenerasi struktur kulit. Namun perlu dipahami bahwa bopeng tidak bisa dihilangkan sepenuhnya karena sudah terlanjur rusak di bagian dalam.

"Tidak 100 persen pulih, tapi bekerja dengan cara merangsang kolagen dan elastin hingga cekungan luka dapat pulih dan terlihat lebih merata," ujarnya.

 

Penulis: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Dukono Erupsi, Penerbangan di Maluku Utara Terganggu

Posted: 09 Oct 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas penerbangan di beberapa bandara di Maluku Utara pada Kamis ini terganggu akibat erupsi Gunung Dukono di Halmahera Utara yang menyemburkan abu vulkanik.

Beberapa lapangan udara yang menghentikan kegiatan penerbangan tersebut antara lain Bandara Gamarmalamo Galela dan Bandara KuabangKao di Pulau Halmahera, serta Bandara Pitu di Pulau Morotai.

Kepala Unit (Kanit) Aviation Security (Avsec) Bandara Pitu Rusdi Slamet mengatakan, pihaknya telah mendapat Notice To Airmen (NOTAM) untuk menyetop layanan penerbangan sementara waktu.

"Hari ini mungkin belum bisa dapat kepastian dari maskapai, karena informasi dari maskapai NOTAM-nya sudah keluar," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Bandara Pitu, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Kamis (10/10/2019).

"Kalau informasinya mereka bilang kita lagi nunggu, stand by, maka kita stand by," dia menegaskan.

 

Masyarakat Sudah Biasa

Hujan Abu Dukono Setinggi 1.000 Meter Ancam Halmahera Utara. (Liputan6.com/Hairil Hiar)

Masyarakat Maluku Utara sendiri terlihat sudah akrab dengan aktivitas alam seperti ini. Selain erupsi gunung merapi, warga lokal juga telah terbiasa dengan adanya goyangan bumi atau gempa.

Lebih lanjut, Rusdi mengabarkan, ada satu penerbangan dengan rute Morotai-Ternate-Manado yang harus dibatalkan. Dia memperkirakan, penerbangan itu baru bisa dibuka kembali pada pukul 11.00 WIT Jumat besok.

Tak hanya di Pulau Morotai, ia menyampaikan, kegiatan penerbangan di dua lapangan udara di Pulau Halmahera juga harus dihentikan sementara.

"Kalau di Halmahera Utara ada di (Bandara) Gamarmalamo Galela. Ada (Bandara) KuabangKao juga. Tapi kita belum tahu Kuabangkao, karena kita cuaca ini cuaca alam. Jadi posisi angin ke mana kita belum tahu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Optimisme Kesepakatan AS-China Dorong Penguatan Rupiah

Posted: 09 Oct 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis ini.

Mengutip Bloomberg, Kamis (10/10/2019), rupiah dibuka di angka 14.179 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.172 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah menguat ke 14.149 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.142 per dolar AS hingga 14.180 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,65 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.157 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.182 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah bergerak menguat seiring optimisme pasar terhadap kesepakatan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Optimisme pasar kembali terhadap potensi kesepakatan perjanjian dagang AS dan China, setelah Bloomberg melaporkan pejabat China akan menerima partial trade deal kalau tarif yang tinggi tetap diberlakukan," kata Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

China juga menawarkan untuk membeli produk-produk pertanian AS dengan jumlah yang lebih besar. Mulai 10-11 Oktober ini, pejabat tinggi kedua negara akan membahas kesepakatan dagang ini.

"Investor memfaktorkan optimisme ini di tengah kemungkinan The Fed masih belum solid dalam keputusan suku bunganya pada pertemuan 29-20 Oktober ini," ujar Lana

Sebagian besar pejabat tinggi The Fed menilai penurunan suku bunga ini diperlukan, tetapi jumlah pejabat The Fed yang menolak penurunan tersebut meningkat.

Lana memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.150 per dolar AS hingga 14.170 per dolar AS.

Pemerintah Prediksi Rupiah Melemah ke 14.400 per Dolar AS di 2020

Rupiah pada saat istirahat siang ini tercatat melemah sebesar 162 poin atau turun tajam 1,24 persen ke kisaran Rp 13.246 per dolar AS, Jakarta, Rabu (9/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah pada tahun depan. Hal tersebut terjadi karena adanya gejolak ekonomi dunia.

Dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa target ekonomi masih akan tinggi, tetapi untuk nilai tukar rupiah akan melemah.

Ia menyebut target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah 5,3 persen. Sumber pertumbuhan ekonomi tahun depan ditekankan pada sektor konsumsi. 

"Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ujar dia.

Jokowi menyebut nilai tukar rupiah akan melemah menuju 14.400 per dolar AS. Ia menyebut hal itu diakibatkan kondisi ekonomi global yang volatile alias penuh ketidakpastian.

Meski sedang ada disrupsi dagang, Jokowi yakin Indonesia akan tetap menjadi primadona investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki telah mendapatkan citra positif dan iklim investasi akan terus dijaga.

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi," ujar Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di HUT ke-108 Negara, Presiden Taiwan Berjanji Lindungi Kedaulatan Nasional

Posted: 09 Oct 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Taipei - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berjanji akan selalu melindungi kedaulatan nasional di masa mendatang. Hal itu ia sampaikan dalam pidato kenegaraan tepat di Hari Kemerdekaan Taiwan di Istana Negara, Kamis, 10 Oktober 2019.

"Sebagai presiden, saya berdiri untuk melindungi kedaulatan nasional. Ini bukanlah sebuah langkah provokasi, tetapi itu adalah tanggung jawab mendasar saya," ujar Tsai Ing-wen.

Dalam pidatonya, Presiden Tsai juga mengingatkan seluruh masyarakat bahwa Taiwan tengah berada di tengah-tengah situasi dunia yang terus berubah.

"Pada National Day tahun lalu saya telah memberi tahu semua orang bahwa Taiwan berada di tengah-tengah perubahan," jelasnya.

"Perubahan dalam situasi perdagangan global dan kancah politik internasional yang menyebabkan masa depan penuh dengan tantangan," tambahnya.

Presiden Tsai mengatakan bahwa setiap masyarakat harus mencari stabilitas, kemampuan beradaptasi, dan kemajuan guna membangun Taiwan yang lebih kuat.

"Dunia masih berubah dengan cepat, dan perubahannya bahkan lebih dramatis," tegas Presiden Tsai.

Pada pidatonya itu, Presiden Tsai juga mengucapkan seluruh warga Taiwan yang kini terus bersuka cita merayakan hari kemerdekaan.

 

Atraksi Sebelum Pidato Presiden

Presiden Tsai Ing-wen berpidato di peringatan Hari Kemerdekaan Taiwan ke-108 di Istana Negara, Taipei. (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Sebelum pidato kenegaraan dimulai, pihak penyelenggara menampilkan sejumlah penampilan berupa tarian dan musik yang menyerukan semangat nasionalisme.

Acara dimulai sejak pukul 08.45 waktu setempat. Sebelum acara dimulai, pihak keamanan telah berjaga-jaga guna memastikan perayaan berjalan dengan lancar.

Pihak kepolisian juga memberlakukan sistem penutupan jalan bagi kendaraan bermotor. Hanya tamu undangan dan awak media yang difasilitasi kendaraan yang bisa masuk ke kawasan istana dengan mobil atau bus. Sisanya, bisa masuk dengan jalur pejalan kaki.

Sementara itu, warga setempat juga diberi akses untuk menyaksikan prosesi dan perayaan Hari Kemerdekaan Taiwan. Mereka yang hendak datang langsung ke Istana Presiden terlebih dahulu telah mendaftarkan diri ke kementerian setempat.

Baca selengkapnya di sini...

Hari Jadi Taiwan di Indonesia

Resepsi Perayaan Hari Jadi Taiwan ke-108 di Hotel Borobudur.(Liputan6.com/Benedikta Miranti)

Suka cita perayaan National Day atau hari jadi yang ke-108 tak hanya dirasakan oleh warganya yang ada di seluruh penjuru Negeri Formosa, tetapi juga dirasakan oleh warga Taiwan di Jakarta, Indonesia.

Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO), John Chen, yang menjadi tuan rumah resepsi tersebut, menyampaikan perkembangan kinerja yang semakin baik sampai saat ini. Beberapa prestasi yang diperoleh oleh Taiwan datang dari berbagai sektor terlebih ekonomi.

Menurut 'World Competitiveness Report 2008' dari Swiss World Economic Forum (WEF), Taiwan menempati posisi ke-4 di kawasan Asia Pasifik dan ke-13 di dunia.

Hal tersebut diperoleh karena lingkungan investasi Taiwan kian membaik dan semakin banyak investor asing yang tertarik akan Taiwan. Salah satunya, Google yang mengumumkan bahwa mereka akan memperluas investasi dan operasinya di Taiwan. 

Dari awal tahun hingga September ini, jumlah investasi telah mencapai NT$ 580 miliar serta menciptakan lebih dari 28.500 lapangan pekerjaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Fashion Rahmi Idola Cilik, Simpel dan Tetap Memesona

Posted: 09 Oct 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 2000-an, banyak sekali ajang pencarian bakat yang hadir di layar kaca Tanah Air. Tidak hanya orang dewasa, ajang pencarian bakat juga banyak diikuti juga buat anak-anak. Salah satu ajang pencarian bakat buat anak-anak yang terkenal ialah Idola Cilik.

Idola Cilik yang ditayangkan oleh salah satu televisi swasta ini telah menghadirkan banyak bintang. Acara ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2008 dan dipandu presenter kocak Okky Lukman selama 5 musim.

Banyak anak-anak jebolan dari ajang kontes ini terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satunya ialah Rahmi Amalia Bardan yang berhasil menjadi juara 3 di ajang pencarian bakat Idola Cilik musim kedua pada 2008.

Hampir 10 tahun berlalu, sosok cantik berhijab ini sudah tumbuh dewasa dan makin cantik. Berikut Liputan6.com rangkum dari akun Instagramnya, 7 potret Rahmi Idola Cilik yang semakin cantik dan memesona, Kamis (10/10/2019).

1. Sosok Rahmi cukup dikenal di ajang pencarian bakat Idola Cilik

Gaya Fashion Rahmi Idola Cilik, Simple dan Elegan (sumber:Instagram/rahmiamaliabardan)

2. Juara 3 Idola Cilik ini terlihat cantik dengan gaya fashionnya yang simpel

Potret Rahmi Mantan Idola Cilik yang Semakin Cantik dan Mempesona (sumber:Instagram/rahmiamaliabardan)

3. Perempuan berdarah Aceh ini memilih bergaya simpel dengan warna pastel, tampil manis

Gaya Fashion Rahmi Idola Cilik, Simple dan Elegan (sumber:Instagram/rahmiamaliabardan)

4. Artis kelahiran 1 Juni 1996 ini saat ini dikenal dengan gaya fashionnya yang simpel

Gaya Fashion Rahmi Idola Cilik, Simple dan Elegan (sumber:Instagram/rahmiamaliabardan)

5. Berbalut hijab, Rahmi makin manis dengan dress polkadot dan outer cokelat

Gaya Fashion Rahmi Idola Cilik, Simple dan Elegan (sumber:Instagram/rahmiamaliabardan)

6. Sosok cantik ini terlihat semakin manis dengan hijab berwarna magenta

Gaya Fashion Rahmi Idola Cilik, Simple dan Elegan (sumber:Instagram/rahmiamaliabardan)

7. Tak ayal, gaya fashion Rahmi yang simpel juga bisa jadi inspirasi hijaber lainnya

Gaya Fashion Rahmi Idola Cilik, Simple dan Elegan (sumber:Instagram/rahmiamaliabardan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Akan Luncurkan Jalur Sepeda Fase 2 Sepanjang 23 Km

Posted: 09 Oct 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan kembali meluncurkan jalur sepeda fase dua.

Pada pertengahan September lalu, fase pertama telah diluncurkan sepanjang 25 kilometer dengan rute Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Tugu Proklamasi, Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan ke MH Thamrin, dan Jalan Merdeka Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, fase dua akan diluncurkan pada 12 Oktober 2019. Fase dua ini yaitu menghubungkan wilayah selatan dan pusat.

"Tanggal 12 besok itu Pak Gubernur akan meluncurkan fase keduanya," kata Syafrin di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

Fase dua jalur sepeda, lanjut Syafrin, mulai dari Jalan Fatmawati, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, dan Jalan Sudirman atau sepanjang 23 kilometer. Fase dua akan tersambung dengan fase satu di Bundaran HI.

Sementara untuk fase tiga, Syafrin mengatakan rutenya mulai dari Jalan Tomang Raya atau Simpang Tomang. "Kemudian belok kanan di Cideng, Cideng ketemu Jalan Kebon Sirih, Kebon Sirih nanti sambung dengan MH Thamrin," jelas dia.

Fase tiga ini panjangnya sekitar 15 kilometer dan total seluruh jalur sepeda di Jakarta yaitu 63 kilometer.

Saat peluncuran fase satu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda mulai dari Velodrome di Rawamangun menuju Balai Kota bersama komunitas peseda dan jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Sistem Denda Langgar Jalur

Selain itu, Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir menegaskan, kehadiran jalur sepeda di beberapa ruas jalan Jakarta akan dipertegas dengan marka dan rambu lalu lintas, jika sudah dipermanenkan. Hal ini dilakukan agar tidak ada pengendara kendaraan bermotor yang melanggar lagi.

"Jadi kalau jalur sepeda kalau sudah permanen, nanti kan dilengkapi rambu dan marka, sepanjang rambu dan marka itu mempunyai kekuatan tubuh tetap," kata AKBP M Nasir saat dihubungi, Sabtu (5/10/2019).

Nasir melanjutkan, dengan adanya marka dan rambu jalan di jalur sepeda, polisi bisa melakukan tindakan pelanggaran yang tidak sesuai dengan aturan lalu lintas tersebut.

"Jadi sudah dipasang rambu, merupakan jalur khusus untuk sepeda, lalu ada pemasangan markanya, garisnya, maka ketika ada pelanggaran di luar sepeda, itu termasuk pelanggaran lalu lintas," tegas dia.

Tidak main-main, para pelanggar jalur sepeda nantinya berpotensi diganjar aturan lalu lintas dengan denda mencapai Rp 500 ribu atau kurungan dua tahun.

"Jadi (hukumannya) seperti masuk Transjakarta ya," terang dia.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Menhub agar PNS Semangat Pindah ke Ibu Kota Baru

Posted: 09 Oct 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan transportasi memegang peranan penting dalam kesuksesan perpindahan ibu kota baru. Ekspektasi PNS akan hal tersebut pun sangat tinggi.

Seperti diketahui, pemerintah telah resmi menunjuk Panajam Paser Utara dan Kutai di Kalimantan sebagai ibu kota baru.

Oleh karena itu, dia menegaskan transportasi massal di sana harus dirancang sedemikian rupa agar ekspektasi tersebut dapat terpenuhi dan membuat PNS semangat untuk pindah ke ibu kota baru.

"Kita harus memberikan satu yang benar-benar baik agar semua orang bersemangat untuk hadir di kota baru itu," kata dia, dalam diskusi bertajuk Transportasi Massal di Ibu Kota Baru Seperti Apa?, di Redtop Hotel, Jakarta, Kamis (10/10).

"ASN muda punya ekspektasi hidupnya tidak lagi berhadapan dengan kemacetan dengan polusi-polusi yang tidak perlu," dia menambahkan.

Dia mengungkapkan, saat ini aspirasi dari masyarakat dan berbagai pihak terus digali untuk dapat menciptakan transportasi yang memadai.

Transportasi hal yang penting karena dalam dunia properti pun hal itu merupakan salah satu bagian strategi dan integrasi. Hal itu bisa dicapai dengan aksesbilitas yaitu transportasi.

Jika transportasi yang memadai gagal diciptakan, menurutnya perpindahan ibu kota dapat dinilai gagal.

"Jika tidak bisa, maka itu awal dari ketidakberhasilan kita menciptakan satu kota menjadi satu tempat yang berharga," tutupnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub, Sugihardjo, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas, Kennedy Simanjutak dan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Danis H. Sumadigala.

Tak Ada Mal di Ibu Kota Baru?

Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melontarkan wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. (Liputan6.com/JohanTallo)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah bakal membuka sayembara desain ibu kota baru pada 2-11 Oktober mendatang.

Pemerintah sendiri telah merangkum indikator penilaian untuk memilih pemenang sayembara dalam sebuah Terms of Reference (TOR).

Dalam TOR tersebut, Menteri Basuki berujar, pihak desainer harus mempertimbangkan kebutuhan generasi milenial sebagai calon penghuni ibu kota baru. Dia mengumpamakan bila di sana tak perlu dibangun mall lantaran kaum muda lebih bergantung pada kemajuan teknologi. 

"Sekarang mall sudah pada tutup misalnya, karena dengan adanya teknologi itu sudah enggak perlu. Nah ini kotanya harus didesain seperti itu," ujar dia di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Pernyataan itu sontak memancing pertanyaan, apakah benar di ibu kota baru nantinya tak ada mall?

Menurut Menteri Basuki, jawaban tersebut harus dituntaskan oleh desainer terpilih. "Belum tentu, pertanyaan-pertanyaan itu kan yang harus dijawab oleh desainer," ungkap dia.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, dirinya beserta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan terbang ke Kalimantan Timur untuk membuka program sayembara ibu kota baru pada esok hari.

"Nah besok saya dengan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), kita akan launching untuk sayembara. Nanti sore juri semua sudah kumpul, sudah laporan semua ke saya untuk bisa di-launching besok," tukas dia. 

Tahun Depan, Pemerintah Undang Swasta yang Minat Garap Proyek Ibu Kota Baru

Kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara (Kukar) Kaltim menjadi salah satu calon kuat ibu kota yang baru. (Liputan6.com/ Abelda Gunawan)

Pemerintah siap menggelontorkan anggaran Rp 2 triliun untuk pengembangan ibu kota baru pada tahun depan. Pihak swasta pun akan mulai diundang untuk mengikuti bidding proyek ibu kota baru di tahun 2020.

"Mulai tahun depan sudah mulai undang swasta, sudah mulai lakukan bidding untuk swasta yang tertarik," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Kamis (26/9/2019).  

Dia memastikan jika proses open bidding akan dilakukan secara transparan dan terbuka. Setelah itu, baru ditentukan proyek apa yang akan digarap swasta.

"Kalau sebagai investor harus tahu dong mereka mau invest di mana. Jadi yang pasti duluan adalah KPBU yang terkait denga infrastruktur dasar," kata dia.

"Pointnya air bersih, kemudian listrik, itu yang duluan karena waktu pengerjaannya lama dan itu kebutuhan dasar dari sebuah kota. Kota itu baru bisa beroperasi kalau airnya ada listriknya ada," lanjutnya.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Terbaru Kasus Penganiayaan Ninoy Karundeng

Posted: 09 Oct 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengusut kasus penganiayaan Ninoy Karundeng, pegiat media sosial dan disebut sebagai relawan Jokowi. 

Kasus ini bermula ketika Ninoy Karundeng diculik saat meliput aksi demo mahasiswa di depan Gedung DPR, Senin, 30 September 2019.

Kasus penculikan dan penganiayaan ini disampaikan Ninoy ke rekannya, Jack Lapian. Kepada Jack, Ninoy menceritakan saat dicokok di dekat masjid daerah Pejompongan, Jakarta. 

"Diamankannya kemarin. Ninoy lagi meliput demo di tengah massa. Dia ketahuan lagi motret-motret terus massa ini marah. Dia kan memang sehari-hari juga menjadi penulis ya," kata Jack saat dihubungi Merdeka, Selasa 1 Oktober 2019.

Bukan hanya itu, Ninoy juga dibawa paksa ke suatu tempat yang ia yakini di wilayah Petamburan, Jakarta Barat. Di sanalah Ninoy diintimidasi seperti dalam video beredar.

Sampai di sana Ninoy mendapatkan intimidasi dan pukulan dari orang-orang yang menculiknya. Bahkan sampai ada rencana pembunuhan.

Kepolisian dengan cepat menangkap sejumlah tersangka kasus Ninoy Karundeng. Saat ini beberapa nama telah diperiksa pihak kepolisian.

Berikut fakta-fakta terbaru kasus penganiayaan Ninoy Karundeng yang tengah ditangani kepolisian: 

Ditetapkan 13 Tersangka

Pengacara Bernard Abdul Jabbar, Azis Januar Saat Diwawancarai Tentang Rencana Penagguhan Penahanan Klinennya Atas Kasus Dugaan Penganiayaan Terhadap Relawan Jokowi, Ninoy Karundeng di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (9/10/2019). (Foto: Yopi Makdori/Liputan6.com)

Hasil temuan kepolisian terkait kasus penganiayaan Ninoy Karundeng, polisi telah menetapkan 13 tersangka. 

"Polda Metro Jaya sudah menetapkan 13 tersangka. Sebanyak 12 tersangka dilakukan penahanan, dan satu tersangka tidak ditahan karena sakit," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. 

Tersangka yang ditahan yaitu AA, ARS, YY, RF, Baros, S, SU, ABK, IA, R, Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA) 212, Bernard Abdul Jabbar, dan Ferry.

Argo mengatakan, dari seluruh tersangka yang terlibat kasus penculikan dan penganiayaan Ninoy Karundeng, tiga orang berjenis kelamin perempuan.

"Ada 3 orang yang kita kenakan juga UU ITE," ujar dia.

Sekjen PA 212 Tersangka

(Kiri ke kanan) Ketua GNPF Ulama Yusuf Martak, Ketua PA 212 Slamet Ma'arif, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soparno seusai menggelar pertemuan di DPP PAN Jakarta, Rabu (20/2). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menetapkan Sekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212, Bernard Doni alias Bernard Abdul Jabbar sebagai tersangka, dalam dugaan kasus penculikan disertai penganiayaan kepada relawan Jokowi, Ninoy Karundeng.

"Nama sesuai KTP Bernadus Doni sudah ditetapkan tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Selasa 8 Oktober 2019.

Polisi telah menahan Bernardus setelah dia menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Periksa Sekretaris FPI

munarman

Sementara itu, Sekretaris Front Pembela Islam (FPI), Munarman mengaku, tidak tahu menahu ihwal peristiwa penganiayaan yang menimpa relawan Jokowi, Ninoy Karundeng di Masjid Al Falah, Pejompongan, Jakarta.

Hal itu disampaikan Munarman usai diperiksa sebagai saksi atas kasus tersebut di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu malam, 9 Oktober 2019. 

"Saya bilang saya tidak tahu peristiwa itu. Jadi terkait klarifikasi soal konsultasi hukum dari salah satu tersangka yang kebetulan DKM Masjid Al Falah kepada saya selaku orang yang berprofesi di dunia hukum selaku advokat," kata Munarman.

Munarman mengaku, hanya diminta konsultasi ihwal masalah hukum oleh salah satu Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Falah. Konsultasi tersebut, lanjut Munarman, masih terkait dengan peristiwa pada 30 September 2019 di masjid itu.

Munarman menuturkan, konsultasi itu dilakukan pada 2 Oktober 2019, dua hari setelah peristiwa dugaan penganiayaan Ninoy Karundeng.

"Itu tanggal 2, konsultasinya salah satu tersangka yang pengurus masjid itu terjadi 2 Oktober. Dua hari setelah peristiwa di Masjid Al Falah," tutur Munarman.

Polisi Panggil Sejumlah Nama

Sekjen Dewan Syuro DPD FPI DKI Jakarta Novel Bamukmin menyambangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/1). Kedatangannya untuk melaporkan Ahok atas pencemaran nama baik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Penyidik Dit Reskrimum Polda Metro Jaya menjadwalkan pemanggilan terhadap pengurus dewan kemakmuran masjid (DKM) Al-Falah, Iskandar. Dia diperiksa sebagai saksi atas kasus penculikan dan penganiayaan terhadap relawan Joko Widodo, Ninoy Karundeng.

"Iya benar (ada agenda pemanggilan terhadap Iskandar). Agendanya jam 10.00 WIB," kata Argo, Kamis (10/9/2019). 

Selain memanggil Iskandar, penyidik juga akan memanggil satu orang lainnya yakni Ketua Media Center Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Chaidir Hasan Bamukmin atau akrab disapa Novel Bamukmin.

Novel akan dipanggil dan diperiksa sebagai saksi atas kasus yang sama dengan Iskandar. Karena, Novel disebut berada di lokasi penganiayaan Ninoy Karundeng yakni Masjid Al-Falah, Pejompongan, Jakarta Pusat.

"Yang bersangkutan ada di lokasi (penganiayaan)," ucap Argo. 

 

(Jagat Alfat Nusantara) 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Istri Pejabat, Ini 6 Potret Adelia Dampingi Pasha Ungu

Posted: 09 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau lebih akrab dikenal Pasha Ungu tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Mengawali karier sebagai vokalis band Ungu sejak 1999, Pasha memutuskan untuk terjun ke dunia politik pada pilkada 2015 silam.  

Sejak 2016 silam, Vokalis Ungu ini resmi menjadi Wakil Wali Kota Palu menemani Wali Kota Palu Hidayat. Selama menjabat, Pasha pun vakum dari band yang membesarkan namanya tersebut.

Tak luput dari sorotan, Adelia Wilhelmina atau yang kerap disapa Adelia Pasha ini selalu setia dampingi suami bertugas. Dalam berbagai kesempatan mantan pramugari ini sering mengunggah momen kebersamaanya dengan suami. Baik saat terjun ke lapangan atau pun kegiatan lainnya.

Nampaknya, ibu empat anak ini tengah menikmati perannya sebagai ibu rumah tangga dan juga istri pejabat.  Dilansir dari akun instagram Adelia dan Pasha, berikut Liputan6.com rangkum 6 momen Adelia setia dampingi Pasha Ungu, Kamis (10/10/2019).

 

1. Resmi menjadi ibu pejabat, ibu empat anak ini selalu setia mendampingi sang suami bertugas.

Adelia Wilhelmina (Sumber: Instagram/adeliapasha)

2. Mulai dari turun lapangan, berbaur dengan masyarakat dan serangkaian kegiatan lainnya.

Adelia Wilhelmina (Sumber: Instagram/adeliapasha)

3. Saat Palu dan Donggala diguncang gempa bumi, Adel dan Pasha juga berusaha membangkitkan semangat masyarakat.

Adelia Wilhelmina (Sumber: Instagram/adeliapasha)

4. Wanita 30 tahun ini terlihat menikmati perannya sebagai ibu rumah tangga dan istri pejabat.

Adelia Wilhelmina (Sumber: Instagram/adeliapasha)

5. 8 tahun bersama, pasangan ini memang tak pernah diterpa isu miring.

Adelia Wilhelmina (Sumber: Instagram/adeliapasha)

6. Potret Adel dan Pasha saat perayaan HUT Kota Palu ke-41, serasi banget ya!

Adelia Wilhelmina (Sumber: Instagram/adeliapasha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PNM Optimis Gaet 5,7 Juta Nasabah hingga Akhir 2019

Posted: 09 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mengaku kinerja perusahaan hingga saat ini masih on the track. Bahkan target kinerja triwulan III diklaim bakal melampaui target.

"Insya Allah, best effort untuk melampaui target RKAP 2019. Indikasinya dari triwulan III sih terlampaui semua," kata Direktur Utama PNM Arief Mulyadi kepada Liputan6.com, Kamis (10/10/2019).

Arief menjelaskan, optimisme kinerja perusahaan tersebut salah satunya disebabkan semakin produktifnya cabang-cabang yang telah dibuka dan adanya penambahan jaringan cabang di berberapa wilayah Indonesia.

Dalam RKAP 2019 sendiri, PNM menargetkan mampu menggaet nasabah mencapai 5,75 juta nasabah dengan jumlah peyaluran pendanaan mencapai Rp 16,6 triliun.

"Sudah dekat semua dengan target. Tinggal kualitasnya terus dijaga dan jika memungkinkan terus diperbaiki," tegas dia.

Hingga September 2019, jumlah penyaluran untuk unit bisnis ULaMM mencapai Rp2,8 triliun. Pencapaian ini naik 1,38 persen dibandingkan September 2018 yang saat itu Rp 2,7 triliun.

Sementara untuk unit bisnis Mekaar, PNM berhasil menyalurkan pendanaan sebesar Rp 12,9 triliun. Angka ini naik 123,6 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 5,8 triliun.

 

Peningkatan Nasabah

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana menemui ibu-ibu penerima program Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi meminta penerima program Mekaar semangat menjalankan roda bisnis. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk hal nasabah, hingga September 2018, nasabah ULaMM sebesar 72.612 nasabah atau tumbuh 9,32 persen dibandingkan September 2018. Sedangkan untuk nasabah Mekaar kini mencapai 5,34 juta nasabah atau naik 48,34 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski penyaluran meningkat drastis, namun PNM berhasil menjaga kualitas kredit bermasalah (NPL). Pada September 2019, NPL tercatat 1,57 persen atau turun 0,24 persen dibandingkan September 2018 yang saat itu 1,81 persen.

PNM Tertarik Terbitkan KIK EBA di 2020

PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNM MI) mencatatkan perdana reksa dana, yakni Exchange Trade Fund (ETF) Core LQ45 di BEI,Senin (30/9/2019).

PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PT PNM IM) berencana menerbitkan Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) di 2020. Rencananya, KIK EBA akan terbit di kuartal I.

"Tahun 2020 terbitkan KIK EBA. Moga-moga tahun 2020, kita masih proses. Emitennya belum bisa kita sebutkan," ujar Dirut PT PNM Investment Management Bambang Siswaji, Senin (30/9/2019) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Bambang berkata pihaknya tak terburu-buru menerbitkan KIK EBA, sebab prosesnya perlu melibatkan institusi lain seperti OJK. Target kelolaan dana dari penerbitan KIK EBA itu adalah sampai Rp 1 triliun per akhir tahun 2020.

"Kita mulai beberapa ratus miliar, tapi sampai satu tahun moga-moga bisa sampai satu triliun," kata Bambang.

Untuk tahap awal, PT PNM Investment Management akan fokus dulu pada BUMN yang bergerak di bidang keuangan. Tetapi, PNM IM siap melayani lembaga keuangan dengan portfolio yang solid.

Ke depannya, Bambang berkata akan ada lagi produk-produk PT PNM Investment Management yang di-listing di bursa.

Saat ini, PT PNM Investment Management membukukan total dana kelolaan sebesar Rp 12,1 triliun. Angka itu naik 42 persen dibanding akhir tahun 2018, yakni Rp 8,56 triliun. Secara year-on-year, dana kelolaan perusahaan juga naik hampir dua kali lipat dari September lalu, yakni Rp 6,6 triliun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-108 Taiwan di Taipei

Posted: 09 Oct 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Taipei - Taiwan merayakan Hari Kemerdekaan ke-108 di Istana Kepresidenan atau Presidensial Office yang terletak di Zhongzheng, Taipei.

Menurut jadwal, prosesi perayakaan hari kemerdekaan serta pidato presiden akan berlangsung pada Kamis (10/10/2019) pukul 08.45 menjelang tengah hari waktu Taipei, Taiwan.

Untuk proses pengibaran bendera telah dilakukan sejak pukul 06.00 pagi waktu setempat.

Jika di Indonesia kita mengenal Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), maka di Taiwan proses pengibaran bendera dilakukan oleh pihak internal istana.

 

Pengamanan Diperketat

Pihak kepolisian juga memberlakukan sistem penutupan jalan bagi kendaraan bermotor. Hanya tamu undangan dan awak media yang difasilitasi kendaraan yang bisa masuk ke kawasan istana dengan mobil atau bus. Sisanya, bisa masuk dengan jalur pejalan kaki.

Sementara itu, warga setempat juga diberi akses untuk menyaksikan prosesi dan perayaan Hari Kemerdekaan Taiwan. Mereka yang hendak datang langsung ke Istana Presiden terlebih dahulu telah mendaftarkan diri ke kementerian setempat.

Menjelang prosesi dan perayaan dalam rangka Hari Kemerdekaan atau National Day Taiwan yang ke-108, area di sekitar dari dalam atau menuju Istana Presiden dijaga ketat.

Dari pengamatan Liputan6.com, pengamanan hari kemerdekaan dilakukan oleh aparat kepolisian hingga jarak 500 meter dari kawasan istana atau Presidensial Office yang terletak di Zhongzheng, Taipei.

Dari lokasi MRT NTU Hospital misalnya, sejumlah polisi telah berjaga-jaga sembari mengatur lalu lintas.

Meski kawasan ini akan menjadi akses masuk bagi para tamu undangan dan sejumlah jurnalis lokal dan asing, jalanan menuju istana masih terbilang lancar.

Aktivitas kendaraan umum juga berjalan seperti biasa. MRT dan bus kota beroperasi mulai dari jam 06.00 waktu setempat.

Menurut keterangan dari seorang pelajar di Taipei, perayaan kemerdekaan tak hanya dilakukan di Istana Presiden saja. Namun, sejumlah sekolah dan lembaga lain juga melakukan aktivitas serupa.

Pidato Presiden Taiwan

Presiden Tsai Ing-wen juga menyinggung soal isi perang dagang antara Amerika Serikat-China. Ia menyatakan bahwa Taiwan berada di situasi yang terus berubah dan meminta warganya untuk selalu siap terhadap segala tantangan.

"Perselisihan perang dagang antara Amerika Serikat dan China terus berlanjut. Tak hanya itu, tidak jauh dari Taiwan, Hong Kong kini tengah berada di ambang kekacauan karena kegagalan 'satu negara, dua sistem' yang diterapkan oleh China."

Perselisihan perdagangan AS-Cina berlanjut. Dan tidak jauh dari Taiwan, Hong Kong berada di ambang kekacauan karena kegagalan "satu negara, dua sistem."

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berjanji akan selalu melindungi kedaulatan nasional di masa mendatang. Hal itu ia sampaikan dalam pidato kenegaraan tepat di Hari Kemerdekaan Taiwan di Istana Negara, Kamis, 10 Oktober 2019.

"Sebagai presiden, saya berdiri untuk melindungi kedaulatan nasional. Ini bukanlah sebuah langkah provokasi, tetapi itu adalah tanggung jawab mendasar saya," ujar Tsai Ing-wen.

Presiden Tsai mengatakan bahwa China masih mengancam dan memaksakan penerapan 'sistem satu negara, dua model' untuk Taiwan. "Serangan diplomatik dan pendekatan militer yang mereka lakukan telah menimbulkan tantangan serius bagi stabilitas dan perdamaian regional," jelasnya.

"Ketika kebebasan dan demokrasi ditantang, dan ketika keberadaan Tiongkok mengancam pembangunan, maka kita harus berdiri dan membela diri. Konsensus luar biasa oleh 23 juta orang Taiwan adalah penolakan kami terhadap 'satu negara, dua sistem' terlepas dari afiliasi partai atau posisi politik," tambahnya.

Dalam pidatonya, Presiden Tsai juga mengatakan, "Kami telah menghadapi banyak tantangan serius bersama. Tantangan-tantangan ini telah membuat kita lebih kuat dan lebih bertekad."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olivia Jensen Ingin Indonesia Punya Kartun Animasi yang Mendunia

Posted: 09 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Olivia Jensen didapuk sebagai pengisi suara (dubber) salah satu karakter dalam animasi Balpil dan Bhinnekaz.

Menjadi pengisi suara dalam sebuah animasi merupakan pengalaman pertama bagi Olivia Jensen. Ia juga mengaku baru pertama kali mendapatkan tawaran menjadi pengisi suara di sebuah kartun animasi.

Olivia Jensen langsung menerima tawaran tersebut karena ingin animasi Indonesia bisa terkenal di negeri sendiri.

"Pertama kali sih dan semangatnya gini, ingin punya kartun Indonesia yang bisa terkenal. Kalau kita tahu ada juga kartun Indonesia yang dibuat sama orang Indonesia tapi terkenal di negara tetangga," ujar Olivia Jensen saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019). 

 

Membangun Karakter Positif

Olivia Jensen (Daniel Kampua/Fimela.com)

Ikut andil dalam produksi Balpil dan Bhinnekaz, Olivia Jensen ingin agar animasi ini bisa terkenal dan disukai oleh masyarakat Indonesia.

Olivia Jensen berharap Balpil dan Bhinnekaz bisa membangun karakter positif dalam jiwa generasi muda Indonesia.

"Kayaknya pengen gitu ada rasa membangkitkan satu karya negara kita yang bisa terkenal dan juga bisa sama-sama membangun anak-anak muda kita juga," ucap Olivia Jensen.

(Maria Advensiani/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Posisi Simon McMenemy Tetap Aman Hingga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Berakhir

Posted: 09 Oct 2019 09:37 PM PDT

Jakarta Simon McMenemy bakal lebih tenang dalam menangani timnas Indonesia. Sebab PSSI telah memastikan posisinya tetap aman hingga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia berskhir. 

Masa depan Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia sebelumnya sempat goyah menyusul kekalahan yang dialami pasukannya dari Malaysia (2-3 ) dan Thailand (0-3) dalam dua pertandingan awal Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Namun saat rapat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada pertengahan September lalu, McMenemy akhirnya bernapas lega. Sebab kemudi Timnas Indonesia tetap di tangannya.

Exco PSSI memutuskan untuk mempertahankan McMenemy hingga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia berakhir. "Pertandingan di fase grup masih banyak," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria.

"Kami menunggu sampai laga terakhir penyisihan grup, sampai akhir. Setelah itu, kami akan evaluasi total," tutur wanita asal Serang, Banten tersebut.

Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia baru akan berakhir pada Juni 2020. Di Grup G, lima peserta bakal memainkan laga secara kendang dan tandang dengan jumlah delapan pertandingan.

"Soal evaluasi, pasti dilakukan. Timnas Indonesia itu kan dinilai berdasarkan performa, bukan perkembangan. Harus menang. Pelatih menyadari itu," imbuh Tisha.

Arahan Exco PSSI dan Iwan Budianto

PSSI meresmikan Simon McMenemy sebagai pelatih utama Timnas Indonesia, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (24/1/2018) (Istimewa).

Menurut Tisha, Exco dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, masih percaya McMenemy akan membawa Timnas Indonesia bangkit.

Tisha menuturkan pihaknya juga optimistis Timnas Indonesia dapat menembus Piala Asia 2023, yang pesertanya mengambil hasil dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

"Arahan Exco dan Plt Ketua Umum PSSI, terus dievaluasi hingga akhir kualifikasi. Saat berakhir, sudah solid evaluasinya. Kami harus percaya, apalagi, kualifikasi ini juga untuk Piala Asia 2023," terang Tisha.

Tisha mengingatkan, McMenemy punya kontrak dua tahun menangani Timnas Indonesia hingga Piala AFF 2020.

"Ketika Exco memutuskan menggunakan jasa McMenemy, itu selama periode dua tahun untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Piala AFF 2020," jelasnya.

Saat ini, Timnas Indonesia masih terbenam di dasar klasemen Grup G setelah tanpa poin dalam dua pertandingan pertama. Terdekat, tim berjulukan Skuat Garuda ini akan menantang Uni Emirat Arab (UEA) pada partai ketiga Grup G di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019) malam.

Jadwal Terdekat Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia saat melawan Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kamis (10/10/2019)

UEA Vs Timnas Indonesia

Stadion Al Maktoum, Dubai

Kick-Off 23.00 WIB

Live Mola TV dan TVRI

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa, Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 10/10/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Seru Mayangsari Liburan ke Turki, Bareng Suami dan Anak

Posted: 09 Oct 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, penyanyi era 90-an Mayangsari baru saja mengajak teman-temannya liburan ke kampung halamannya. Saat liburan ke kampung halamannya tersebut, ia pun mengajak sekitar 30-an sahabatnya ke Purwokerto, Jawa Tengah.

Mayangsari mengunggah momen serunya bersama teman-temannya di media sosial Instagram, Rabu (2/10/2019). Dalam momen tersebut, terlihat bahwa rombongan cukup banyak dan menggunakan bis serta pulang membawa oleh-oleh.

Usai liburan ke kampung halaman bersama dengan teman-temannya, kini Mayangsari pun sudah berada di Turki. Kali ini liburan sendiri bersama keluarga kecilnya, yakni bersama sang suami Bambang Trihatmodjo dan Khirani putrinya.

Liburan kali ini, pelantun Harus Malam Ini menyempatkan untuk naik balon udara. Selain itu juga menikmati kemegahan Hagia Sophia yang menjadi latar belakang saat melakukan selfie. Momen liburan seru ini diunggah dalam media sosialnya @mayangsaritrihatmodjoreal, Senin (7/10/2019).

Berikut 7 momen liburan seru Mayangsari dan keluarga kecilnya yang Liputan6.com kutip dari Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal, Kamis (10/10/2019).

1. Mengenakan busana berwarna biru, Mayangsari menikmati keindahan di Cappadocia

Mayangsari liburan ke Turki (Sumber: Instagram/mayangsaritrihatmodjoreal)

2. Balon udara memang menjadi wahana wisata yang terkenal di Turki

Mayangsari liburan ke Turki (Sumber: Instagram/mayangsaritrihatmodjoreal)

3. Menikmati waktu santai dengan pemandangan yang indah

Mayangsari liburan ke Turki (Sumber: Instagram/mayangsaritrihatmodjoreal)

4. Liburan makin lengkap bersama dengan suami dan anak

Mayangsari liburan ke Turki (Sumber: Instagram/mayangsaritrihatmodjoreal)

5. Mayangsari pun tampil dengan busana yang elegan saat liburan ke Turki

Mayangsari liburan ke Turki (Sumber: Instagram/mayangsaritrihatmodjoreal)

6. Tak lupa Mayangsari dan keluarga berkunjung ke Hagia Sophia

Mayangsari liburan ke Turki (Sumber: Instagram/mayangsaritrihatmodjoreal)

7. Liburannya kali ini pun mencuri banyak perhatian, banyak selebriti yang memberikan komentar karena bagusnya penampilan dan pemandangannya

Mayangsari liburan ke Turki (Sumber: Instagram/mayangsaritrihatmodjoreal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia Berambisi Kalahkan UEA, Ini Komentar Bert van Marwijk

Posted: 09 Oct 2019 09:35 PM PDT

Dubai - Timnas Uni Emirat Arab (UEA) akan bertemu Timnas Indonesia pada partai ketiga Grup G putaran kedua kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019).

Pelatih Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Bert van Marwijk, memilih untuk tidak ambil pusing menyusul pernyataan Simon McMenemy yang ingin membawa Timnas Indonesia mengalahkan timnya.

Pada konferensi pers sebelum pertandingan, McMenemy optimistis Timnas Indonesia dapat bangkit setelah menelan dua kekalahan beruntun pada dua partai awal Grup G dari Malaysia 2-3 dan Thailand 0-3.

"Ini akan menjadi tantangan buat kami mengahadapi UEA di markasnya. Tapi, kami percaya kami bisa berkembang dan menerima tantangan itu dengan baik. Tentu, butuh kerja keras jika ingin meraih hasil positif," kata McMenemy.

Masih di kesempatan yang sama, Hansamu Yama selaku pemain Timnas Indonesia yang menemani McMenemy pada prosesi tanya-jawab dengan wartawan punya pandangan mirip. Dengan penuh kepercayaan diri, bek berusia 24 tahun ini menilai timnya punya peluang untuk mencuri tiga poin dari tuan rumah.

"Ini akan menjadi laga tandang kami yang tentunya tidak akan mudah. Namun, UEA tidak mungkin tidak dapat dikalahkan," imbuh Hansamu yang menjalani debut di Timnas Indonesia senior pada Piala AFF 2016 itu.

Reaksi Santai Van Marwijk

Timnas UEA (dok. UFA)

Van Marwijk merespons pernyataan keduanya, terutama McMenemy, dengan santai. Pelatih asal Belanda ini menganggap target tersebut wajar dikemukakan oleh seorang pelatih.

"Setiap pelatih datang untuk menang dan buat saya itu tidak masalah. Dan pernyataan itu tidak akan memengaruhi atau mengurangi moral pemain saya," imbuh Marwijk dinukil dari laman Federasi Sepak Bola UEA, UAEFA.

TC di Bahrain

Pemain Uni Emirat Arab (UEA) melakukan selebrasi usai membobol gawang Indonesia pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (24/8). Indonesia kalah dari UEA lewat drama adu penalti. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

UEA bermodalkan kemenangan tandang 2-1 atas Malaysia pada laga pertama Grup G sebelum menjamu Timnas Indonesia. Sebagai bentuk keseriusan, Omar Abdulrahman dan kawan-kawan bahkan sampai ditempa dalam pemusatan latihan di Austria dan Bahrain.

"Saya menghormati Timnas Indonesia dan tidak ingin meremehkan. Kami harus bermain dengan cara kami yang telah kami latih di pemusatan latihan, baik itu di Austria dan Bahrain atau sekarang di Dubai," tutur juru taktik berusia 67 tahun itu.

 

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, Published 10-10-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Pesimis Ungkap Kasus Korupsi Besar Korupsi bila UU Baru Diterapkan

Posted: 09 Oct 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pesimis bisa mengungkap kasus-kasus korupsi besar jika revisi UU Nomor 30/2002 diterapkan. Pasalnya, dalam UU tersebut terdapat Pasal 40 tentang penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3).

Dalam pasal tersebut berbunyi lembaga antirasuah dapat menghentikan proses penanganan perkara jika tak kunjung rampung dalam waktu paling lama dua tahun. 

"Kalau penanganan perkara di KPK dibatasi waktunya dua tahun, mungkin kasus seperti TPPU atau kasus seperti TCW (Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan) ini tidak mungkin terbongkar," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (10/10/2019).

Dalam kasus Wawan, KPK membutuhkan waktu setidaknya 5 tahun untuk membongkar dan mengembalikan aset setengah triliun dari hasil korupsi adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu.

Tak hanya itu, masih banyak kasus-kasus dengan nilai kerugian negara yang besar dan membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyidikan. Salah satu kendala lamanya menelisik kasus megakorupsi lantaran sifatnya lintas negara. 

"Kasus e-KTP, BLBI, korupsi di sektor kehutanan, pertambangan, atau kasus lain yang butuh perhitungan kerugian keuangan negara yang signifikan, atau kasus besar yang bersifat lintas negara, itu tidak mungkin atau katakanlah sulit untuk selesai dalam waktu dua tahun," kata Febri.

 

Kejahatan Luar Biasa

Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Febri mengatakan, penerbitan SP3 oleh KPK hanya satu dari puluhan poin dalam revisi UU KPK yang akan melemahkan pemberantasan korupsi.

Menurut Febri, pemberantasan korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang membutuhkan kekhususan untuk menanganinya.

"Sementara untuk kasus tindak pidana umum saja tak ada batas waktu. Nah ini yang kami lihat ada pertentangan antar satu dan yang lain. Sehingga kami menyimpulkan pada saat itu, ini ada salah satu poin yang sangat beresiko melemahkan KPK," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Mitos PD II yang Masih Dipercaya hingga Tempat Aneh di Google Maps Curi Perhatian

Posted: 09 Oct 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perang Dunia II (PD II) merupakan sebuah fenomena paling bersejarah dan mengubah dunia menjadi seperti yang kita rasakan sekarang. Era itu memiliki banyak mitos yang masih di percaya hingga saat ini.

Artikel mitos PD II ini menjadi artikel paling populer di kanal Global, edisi hari ini.

Artikel populer kedua, mengenai rekaman CCTV yang merekam seekor kucing kelelahan karena mengawini lima betina dalam satu malam.

Artikel populer lainnya yakni soal deretan temuan aneh yang juga menyeramkan di Google Maps.

Berikut ringkasan Top 3 berita terpopuler edisi Kamis, (10/10/2019) di kanal Global, Liputan6.com:

1. Mitos Perang Dunia II yang Masih Dipercaya

Tentara Jepang pada Perang Dunia II (Wikimedia Commons)

Perang Dunia II adalah salah satu peristiwa paling akbar dalam sejarah manusia. Pertempuran ini secara mendasar mengubah dunia secara drastis. Efeknya pun masih dapat dirasakan di banyak tempat sampai hari ini.

Selain itu, Perang Dunia II juga bisa dibilang sebagai perang yang paling banyak dibicarakan, karena banyak masyarakat di negara-negara yang terlibat dan terdampak pertempuran masih membahas tentang mitos di baliknya.

Bahkan walaupun sudah lebih dari tujuh dekade sejak Perang Dunia II dinyatakan berakhir, sejumlah mitos masih hidup di tengah khalayak ramai.

Selengkapnya...

2. Kucing ini Kelelahan Karena Kawini 5 Betina dalam 1 Malam

Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Seekor kucing jantan Rusia tertangkap kamera CCTV tengah kawin dengan lima betina dalam semalam. Binatang berbulu itu diketahui terkapar lemas hingga harus disuntik cairan glukosa untuk memberi energi.

Mengutip Oddity Central, Rabu 9 Oktober 2019, berita kucing di hotel Sichuan, China ini dibagikan di media sosial Tiongkok oleh pemilik binatang berbulu itu, Zhao.

Para pekerja diduga lalai memberi makan hewan bernama Xiaopi itu, dan membiarkannya keluar dari kandang sehingga bebas berkeliaran dengan semua kucing di hotel. Padahal, Xiaopi belum dikebiri.

Zhao menulis bahwa staf hanya membuka kandang kucing dan meninggalkannya bersama sejumlah kucing.

Selengkapnya...

3. Deretan Temuan Aneh di Google Maps

Boneka kelinci raksasa di Google Maps. (Google Maps)

Google Maps dianggap telah merevolusi hidup manusia dengan lebih dari satu cara. Sebagian besar aplikasi yang kita gunakan pada hari ini tersemat teknologi tersebut.

Di era serba canggih sekarang, kita tidak lagi harus bergantung pada peta kertas untuk navigasi dan untuk pertama kalinya karena Google Maps, kita bisa melihat semua tujuan di dunia dengan jelas dan rinci, yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya.

Selengkapnya...

 

Reporter: Windy Febriana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Brasil vs Senegal: Siaran Langsung Nanti Malam

Posted: 09 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Brasil sedang berada Singapura pekan ini. Neymar dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Senegal pada Kamis (10/10/2019) malam WIB di National Stadium, Kallang.

Laga uji coba Brasil melawan Senegal akan menjadi pertarungan dua penggawa Liverpool. Sadio Mane di kubu Senegal dan Roberto Firmino di timnas Brasil.

Selain Mane dan Firmino, masih ada satu pemain Liverpool lain yang ikut bertanding di Singapura yakni gelandang Brasil Fabinho.

Baik Senegal maupun timnas Brasil sama-sama membawa kekuatan terbaik di Singapura. Ini menjadi laga kedua Brasil di Singapura setelah melawan Jepang di tahun 2014.

Laga timnas Brasil melawan Senegal ini rencananya akan disiarkan langsung di TvOne pada Kamis (10/10/2019) malam WIB.

 

Jadwal

Jadwal Brasil Tur

10 Oktober 2019

19.00 WIB, Brasil vs Senegal (live TvOne)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: