Rabu, 16 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Trik Bikin Aktivitas Outdoor Makin Seru dan Maksimal

Posted: 16 Oct 2019 01:05 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas outdoor menjadi bagian gaya hidup yang sayang banget dilewatkan masyarakat modern saat ini. Rutinitas kerja yang padat dan sibuk, perlu diimbangi dengan waktu santai, sejenak menghirup udara segar untuk melepas stres maupun melakukan hobi yang dapat membuat pikiran bahagia.

Kamu yang suka dengan suasana alam pegunungan, bisa melakukan hikking ataupun sekedar berkemah. Kamu yang suka makan, bisa mengeskplor food street. Suka dengan ikan, bisa mengeskplorasi dunia bawah laut, dan aktivitas olahraga lain yang dilakukan di luar ruangan.

Nah, agar aktivitas outdoormu semakin seru dan maksimal, kamu bisa coba trik ini.

1. Ajak teman maupun keluarga

Kalau pergi sendirian tentu kurang seru ya, tidak ada yang bisa diajak ngobrol dan tertawa bersama. Kecuali kamu tipenya seorang solo traveler, bolehlah menikmati akvititas outdoor sendirian. Tapi, untuk menciptakan pengalaman yang lebih istimewa, paling maksimal memang pergi beramai-ramai. Meskipun itu bisa bikin merepotkan tapi terkadang disitulah seninya.

2. Eksplor tempat baru

 

Ilustrasi Foto Pendaki dan Mendaki Gunung (iStockphoto)

Kalau tempat itu-itu saja yang kamu datangi tentu gregetnya akan kurang. Tapi kalau itu tempat baru, so pasti rasa penasaranmu akan lebih besar, lebih semangat untuk mengeksplorasi. Tapi saat kamu datang, pastikan kamu tahu hal-hal menarik apa saja yang bisa di eksplor supaya tidak terasa asing dan kebingungan setibanya di lokasi.

3. Cobain ragam aktivitas yang ada

Kalau sudah datang ke tempat baru, jangan cuma dilihat saja. Eksplorasi dengan total, sebab belum tentu kamu bisa kembali ke tempat itu dalam waktu dekat.

4. Rekam setiap momen dan upload langsung

Foto dan video itu punya kekuatan ajaib, menangkap sebuah adegan dan tempat yang nantinya bisa menjadi sejarah maupun kenang-kenangan. Untuk momen yang lebih berkesan, jangan sampai lupa untuk merekam setiap aktivitas outdoor yang kamu lakukan.

Nah, agar lebih percaya diri dalam mengambil gambar kamu bisa coba menggunakan OPPO Reno2 F, jagoan baru dari OPPO yang memiliki keunggulan dari sisi videografi.

Desain 4 kamera OPPO Reno2 F terdiri dari : 48MP lensa utama + 8MP lensa wide angle + 2MP lensa potrait + 2MP lensa monokrom

OPPO Reno2 F memiliki fitur Video Stabilizer yang yang bisa menghasilkan video yang jauh lebih stabil dan lebih halus. Dengan adanya teknologi EIS video stabilization yang bisa memaksimalkan perekaman video dengan meminimalisir guncangan. OPPO Reno2 F juga memiliki fitur Ultra Wide Angle pada perekaman video.

Ultra Wide Angle Video bisa menangkap momen seru lebih luas dan bisa merekam panorama pemandangan dengan sudut yang lebih lebar menjadikan video lebih sempurna. Ultra Wide Angle Video dengan cakupan sudut mencapai 119', dapat menangkap semua ceritamu menjadi menarik.

Desain 4 kamera OPPO Reno2 F terdiri dari : 48MP lensa utama + 8MP lensa wide angle + 2MP lensa potrait + 2MP lensa monokrom. Desain Popup Rising Camera yang dilengkapi fitur baru atmosphere light pada LED RGB 12 warna ini dapat dipilih sesuai keinginan.

OPPO Reno2 F dibanderol dengan harga Rp5.399.000 dan tersedia dalam dua varian warna yaitu Lake Green dan Sky White yang terinspirasi dari keindahan alam. Warna dan desain yang detail memunculkan kesan elegan dan cocok banget untuk para generasi milenial.

Segera menjadi yang pertama memiliki OPPO Reno2 F melalui pre-order hanya di OPPO Official Store. Periode Pre-order mulai dari 8-17 Oktober 2019, dan akan dijual secara perdana mulai tanggal 18 Oktober 2019. Pada masa pre-order, pembeli juga bisa mendapatkan speaker bluetooth JBL Go 1 senilai Rp299.000 selama persediaan masih ada.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diganggu Oposisi, Carrie Lam Tangguhkan Pidato Kebijakan Tahunannya

Posted: 16 Oct 2019 01:02 AM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam terpaksa menangguhkan pidatonya pada Rabu (16/10/2019) waktu setempat. Hal itu terjadi setelah dirinya dicela di parlemen saat ingin menyampaikan pidato kebijakan tahunannya.

Anggota parlemen oposisi mengacaukan sesi pidato pemimpin Hong Kong. Mereka berteriak dan memproyeksikan slogan-slogan sejak awal pidatonya.

Dikutip dari BBC, berkali-kali sesi pidato Carrie Lam diganggu oleh pemrotes. Setelah gangguan pertama berakhir, sesi dilanjutkan, tetapi kemudian terganggu lagi. 

Setelah pidato ditangguhkan untuk kedua kalinya, pemerintah kemudian memutuskan pidato akan disampaikan melalui video pada pukul 12.15 siang waktu Hong Kong. Bukan, melalui pidato langsung dari parlemen.

Hal itu adalah kali pertama sejak mereka diserbu oleh pengunjuk rasa pada Juli. Dewan Legislatif (Legco) diharapkan secara resmi mencabut RUU ekstradisi yang memicu protes. 

Sementara itu, pidato Carrie Lam yang diinterupsi datang hanya beberapa jam setelah anggota parlemen AS mendukung demonstran Hong Kong. Parlemen tersebut mendukung dengan mengeluarkan RUU yang bertujuan menegakkan hak asasi manusia di kota Hong Kong.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Imbas RUU Ekstradisi

Demonstran berkumpul di Tsim Tsa Tsui Promenade untuk memprotes pengaruh China yang semakin besar terhadap Hong Kong (AFP Photo)

Protes dimulai pada Juni terhadap rencana untuk memungkinkan ekstradisi ke daratan China. Banyak dari warga Hong Kong khawatir hal tersebut akan merusak kebebasan kota dan independensi peradilan Hong Kong.

Meski RUU itu ditarik pada bulan September, tetapi demonstrasi terus berlanjut. Tuntutan telah meluas untuk memasukkan hak pilih universal dan penyelidikan terhadap perilaku polisi.

Protes sudah terjadi setiap akhir pekan selama sebulan terakhir dan di setiap distrik di Hong Kong. Hingga menyebabkan gangguan yang meluas.

Bentrokan antara polisi dan aktivis menjadi semakin ganas, dengan polisi menembakkan peluru tajam.

Sementara itu, pengunjuk rasa menyerang petugas dan melemparkan bom bensin/molotov.

Kekerasan Meningkat

Polisi antihuru-hara tiba setelah demonstran membakar sampah di Hong Kong, Minggu (29/9/2019). Demonstrasi pada akhir pekan ini sendiri digelar beberapa hari menjelang perayaan kemerdekaan China. (AP Photo/Vincent Yu)

Pada Juli lalu, ratusan pemrotes menyerbu Legco. Mereka menyemprotkan grafiti/cat semprot dan berupaya melemahkan simbol-simbol badan pembuat hukum Hong Kong.

Kemudian, pada bulan Agustus satu pengunjuk rasa terluka di mata. Hal itu menyebabkan demonstran mengenakan penutup mata berwarna merah untuk menunjukkan solidaritas mereka.

Lalu, protes di bandara internasional Hong Kong menyebabkan ratusan penerbangan dibatalkan.

Sementara itu, pada saat RUU ekstradisi akhirnya ditarik pada bulan September, sebagian besar pengunjuk rasa mengatakan itu "terlalu sedikit, sudah terlambat".

Selanjutnya, pada 1 Oktober saat China merayakan 70 tahun kekuasaan Partai Komunis, Hong Kong mengalami apa yang dikatakan pihak berwenang sebagai salah satu dari "hari paling penuh kekerasan dan kacau". 

Pada tanggal 1 Oktober 2019 tersebut, seorang anak berusia 18 tahun ditembak di dada dengan peluru tajam. Para pengunjuk rasa juga bertempur melawan petugas dengan tiang, bom bensin/molotov, serta proyektil lainnya.

Demo berlanjut. Kemudian, pemerintah kemudian melarang pengunjuk rasa mengenakan topeng, dengan memohon kekuatan yang berasal dari pemerintahan kolonial. Banyak aktivis terus menentang larangan tersebut.

Hari Minggu lalu, aksi damai berujung menjadi ke bentrokan dengan stasiun kereta api dan bisnis-bisnis yang dianggap pro-Beijing.

 

Reporter: Hugo Dimas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Xenia, Ini Mobil Terlaris Daihatsu hingga September 2019

Posted: 16 Oct 2019 01:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil secara ritel (dealer ke konsumen) Januari- September 2019 mengalami penurunan hingga 10,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan ritel pasar otomotif nasional hanya 758 ribu unit hingga year to date September 2019.

Melihat hal tersebut, Daihatsu mengaku angka penjualan ritel Daihatsu sepanjang Januari-September 2019 berada di angka 127.639 unit. Untuk model terlaris, mobil di segmen LCGC, Sigra berhasil berada di puncak dengan penjualan 37.241 unit atau berkontribusi sebesar 29,2 persen.

"Kami bersyukur, hingga kuartal 3 penjualan Sigra menunjukkan tren positif. Kami berharap new Daihatsu Sigra yang baru diluncurkan pada September 2019 lalu, bisa mewujudkan impian masyarakat Indonesia," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Berada di urutan kedua, Gran Max PU mampu berkontribusi 25.865 unit atau 20,3 persen, disusul Ayla, Gran Max MB, dan Terios dengan total penjualan 15-17 ribu unit atau berkontribusi 12-13 persen.

Khusus segmen LCGC, penjualan mobil hingga kuartal tiga tahun ini hanya berada di angka 160.532 unit, atau menurun 2,5 persen di bandingkan tahun lalu. Meski demikian, kontribusi mobil LCGC meningkat dari 19,3 persen pada tahun 2018, menjadi 21,2 persen pada 2019.

Penjualan Sigra Meningkat 4,4 Persen

Walau pasar mengalami penurunan, Daihatsu menegaskan penjualan LCGC miliknya meningkat sebesar 1,4 persen dibanding tahun sebelumnya.

Bila sepanjang Januari-September 2018 pabrikan otomotif asal Jepang itu hanya mampu menjual 53.497 unit, periode yang sama tahun ini berhasil mencatatkan angka 54.257 unit.

Hal tersebut membuat kontribusi LCGC dari 37 persen menjadi 42,5 persen. Khusus Daihatsu Sigra, mengalami peningkatan 4,4 persen dari 35.685 unit, menjadi 37.241 unit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Harvard University Cetak Jutawan Paling Banyak

Posted: 16 Oct 2019 01:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Universitas Harvard Amerika Serikat mencetak jutawan terbanyak di dunia. Sebanyak 13.650 alumni Harvard berstatus sebagai jutawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Indonesia Summit Bangun Semangat Digital di Tanah Air

Posted: 16 Oct 2019 01:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook menggelar acara Facebook Indonesia Summit bertajuk Kita Satu Kita Laju. Acara ini merupakan pertama kalinya di Indonesia dan bertujuan untuk merayakan semangat komunitas dan bisnis di Indonesia untuk melaju bersama di era digital.

Dalam acara ini, keluarga besar Facebook yaitu FB, FB Messenger, Instagram dan Whatsapp di Indonesia bergabung dengan perwakilan dari komunitas dan bisnis serta perwakilan dari pemerintah untuk berbagi cerita dan pengalaman tentang dampak positif serta perkembangan terbaru dari Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Benjamin Joe, VP untuk Asia Tenggara di Facebook menyebutkan, di era digital ini semua jadi terasa lebih dekat dan saling terhubung.

"Di Indonesia setiap harinya orang menggunakan Facebook untuk saling terhubung dengan hal-hal yang penting bagi mereka, termasuk diantaranya berinteraksi dengan komunitas yang menjadi minat mereka atau bahkan untuk mengepakkan sayap bisnis mereka," kata dia, di Sheraton Gandaria City, Jakarta, Rabu (16/10).

Dia menjelaskan, Facebook ada di Indonesia untuk meningkatkan semangat orang Indonesia untuk melaju bersama di era digital melalui berbagai program, inisiatif dan kemitraan, yang dapat membantu mereka membangun komunitas yang lebih kuat, menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang lebih luas, serta bertumbuh maju dalam kehidupannya.

"Melalui Facebook Indonesia Summit, kami mengajak semua komunitas dan bisnis yang ada di Indonesia untuk merayakan semangat tersebut serta menemukan hubungan dan berbagai kesempatan baru melalui interaksi bermakna yang terbangun di acara ini," ujarnya.

Acara ini juga menghadirkan workshops dan talkshows dari para pembicara yang handal di bidangnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Facebook Akan Buat Chat Bot Penangkal Informasi Hoax

Facebook menggelar acara Facebook Indonesia Summit bertajuk Kita Satu Kita Laju.

Kepala Kebijakan Publik Facebook di Indonesia, Ruben Hattari menyebutkan facebook akan membuat chat bot penangkal hoax. Kehadiran chat bot ini hasil kerjasama dengan komunitas Mafindo, sebuah grup anti hoax yang ada di platform Facebook.

Ruben menjelakan Mafindo adalah sebuah grup yang awalnya kecil dan sekarang telah bertransformasi menjadi sebuah komunitas yang cukup besar. Misi mereka adalah meluruskan dan menyaring informasi-informasi yang kurang benar dan beredar di masyarakat khususnya di platform facebook.

Oleh karena itu, Facebook menggandeng Mafindo sebagai mitra strategis dalam rangka memerangi informasi hoax. Adapun chat bot tersebut akan berada di platform WhatsApp dengan menggunakan nomor khusus yang nantinya dapat diakses oleh masyarakat umum.

"Mafindo sekarang adalah mitra strategis, kami menarik mereka untuk pengecekan fakta. Kami bekerja sama dengan mereka untuk mengembangkan chat bot untuk mneyaring informasi yang kurang benar," kata dia, dalam acara konferensi pers, di Sheraton Gandaria City, Jakarta, Rabu (16/10).

Dia mengungkapkan, chat bot tersebut sebetulnya sudah ada dan dapat digunakan. Dengan adanya kerjasama tersebut, chat box akan dilengkapi database yang lebih lengkap melalui kerjasama teknis.

"Miss informasi adalah isu yang sangat penting, kita punya misi yang sama yaitu ingin melawan miss informasi tersebar secara luas," ujarnya.

"Mafindo datang ke kami, mengeluarkan (ide) chat bot yang bisa berjalan di WA, tapi kerjasama kita hanya sebatas memberikan teknis," dia menambahkan.

Adapun cara penggunaannya adalah, masyarakat dapat mengirimkan informasi yang ingin diketahui kebenaranya. Ketika chat dikirim nantinya akan disinkronisasikan dnegan berita yang ada di database.

"Dicek, ini betul gak ada di database, nanti berita bisa diverifiikasi. Tapi kalau belum ada (di database), tim Mafinndo akan menampung," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita di Balik Kostum Nasional Jolene Marie yang Bakal Dibawa ke Miss International 2019

Posted: 16 Oct 2019 01:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puteri Indonesia Lingkungan 2019 Jolene Marie Cholock-Rotinsulu bakal berlaga di Miss International 2019. Grand final ajang kecantikan ini akan berlangsung pada 12 November 2019 di Tokyo Dome City Hall, Jepang.

Sebelumnya, Jolene Marie terlebih dahulu menjalani masa karantina pada 25 Oktober hingga 12 November 2019. Selama momen itu, perempuan berusia 22 tahun ini akan mengenakan busana dari deretan desainer ternama seperti ANAZ, Diana M Putri, Yosep Sinudarsono, Priyo Octaviano, dan Kebaya Intan Avantie.

Tahun ini, Yayasan Puteri Indonesia mendaulat desainer Diana M Putri yang berkolaborasi dengan Le Ciel Design untuk membuat kostum nasional untuk Jolene. Kostum tersebut mengusung tema The Legend of Dewi Rengganis.

Kostum nasional yang bakal ditampilkan Jolen di Miss International 2019 terinspirasi dari legenda sang dewi yakni legenda di lereng pegunungan Iyang dan Argopuro yang meliputi Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Jember, dan Probolinggo. Kebetulan, Jolene sempat mendaki gunung tersebut hingga ke puncak.

Jolene akan tampil dalam balutan Emerald Green Cut Out Watuso Bodysuit dengan manik-manik etnis Ronce kuno, double slit acetasilk, rok tulle emas metalik. Sebagai desainer, Diana sangat memperhatikan setiap detail kostum.

"Dewi Rengganis hidup di zaman kuno jadi gimana supaya detail, payet-payet pemilihan beads, teknik menjahit sebisa mungkin tetap di zaman kuno itu," kata Diana M Putri di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 14 Oktober 2019.

Meski dibalut sentuhan zaman kuno, Diana tetap menghadirkan nuansa modern di laser di bagian skirt. Bagian bawah pinggirannya, ditambahkan Diana diberi Sulur Grinsing dari zaman Majapahit.

"Saya bikin sendiri di bahan soft leather warna gold karena keluar warna gold-nya bagus banget. Waktu menampilkan di Jepang, bahan gold bagus keluar warnanya bikin pakai teknik laser cut," lanjutnya.

Butuh 3 Minggu

Jolene Marie Rotinsulu bakal memakai gaun coctail karya Priyo Oktaviano di Miss International 2019 di Tokyo, Jepang. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Proses pembuatan kostum nasional The Legend of Dewi Rengganis yang dikenakan Jolene Marie membutuhkan waktu pembuatan selama tiga minggu. Riset pun dilakukan Diana sebagai referensi untuk detail kostum.

"Terutama saya riset di batiknya yang ada motif apa saja yang ada di zaman Majapahit. Setiap ornamen-ornamen yang ada di body suit-nya, skirt itu saya bikin seperti ala-ala ancient," ungkap Diana M Putri.

Bicara soal kostum nasional, tentunya kekayaan budaya dan sentuhan Nusantara tertuang di dalamnya. Diana turut menambahkan motif-motif Batik Pusaka Jawa Timuran.

"Yang saya pakai di skirt motif (Batik) Poleng dan Surya Kawung," kata Diana.

Selain kostum nasional, Jolene Marie juga akan memakai busana karya ANAZ. Kali ini, ia menggunakan kain bentenan yang tidak lain kain tenun asli Minahasa yang telah ada sejak abad 15.

Jolene juga akan mengenakan gaun cocktail rancangan Priyo Oktaviano dalam sentuhan kain songket Bali, Sidemen. Gaun tersebut diberi tajuk Paradise itu hadir dengan gaya one shoulder dengan siluet delapan asimetris bermotif bunga cepuk dan swastika di sekelilingnya.

Ada pula rancangan lain dari Diana yakni jumpsuit warna champagne dengan potongan bawah layaknya lonceng dan high slit cape bermotif geometris. Paduan modern dan kuno bersatu dalam gaun itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta di Balik Bau Gas yang Bikin Heboh Warga di Barito Utara

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Muara Teweh - Bau gas yang mendadak muncul membuat heboh warga di Keluarahan Tumpung Laung II, Barito Utara, Kalteng. Warga mencium bau gas yang tak biasa di salah satu rumah penduduk pada Selasa malam (15/10/22019) sekitar pukul 20.00 WIB.

"Memang warga sempat khawatir kalau benar muncul gas beracun, namun ternyata bukan, penyebabnya karena konslet listrik kabel arde yang berada dalam tanah di bawah rumah warga," kata Sekretaris Camat Montallat Arson seperti dikutip Antara, Rabu (16/10/2019).

Bau gas itu berada di lokasi bawah rumah panggung milik warga bernama Mirdad yang tercium keluar dari dalam tanah, diketahui warga lainnya Kurniansyah.

Warga tersebut curiga karena terdapat bau yang tidak biasa, seperti ada yang terbakar berupa ban bekas atau pun batu bara yang terbakar. Warga kemudian mencari asal bau tersebut dan menemukan lokasi asal bau yang kemudian dilakukan penggalian kecil pada lokasi tersebut sehingga mengakibatkan terdapat genangan air yang mendidih.

"Pagi ini air tersebut sudah kering dan tidak mengeluarkan bau gas lagi," kata Arson.

Kapolsek Montallat AKP Fry Mayedi S membenarkan penyebab bau itu bukan berasal dari gas, melainkan terjadi kesalahan pemasangan kabel listrik di lokasi itu, yaitu menanam kabel positif (arus) yang seharusnya kabel negatif sehingga terdapat arus listrik dalam tanah.

Sedangkan air yang menggenang itu adalah air pipa PDAM yang bocor dan terdapat di bawah rumah sehingga mendidih karena adanya arus listrik positif di sekitar kabel yang di tanam dalam tanah.

"Perlu diketahui bahwa untuk wilayah Kelurahan Tumpung Laung I dan Tumpung Laung II untuk jaringan listrik menyala dimulai pada pukul 16.00 hingga 06.00 WIB setiap harinya, sehingga kejadian itu pada malam hari," katanya.

Sementara rumah warga yang sempat dipasang garis polisi, kini sudah dilepas. Jaringan listrik kini telah terpasang dengan benar, dan tak ada lagi bau gas dan gelembung air mendidih. 

"Untuk memastikan kondisi listrik aman kami berkoordinasi dengan petugas PLN UPTD Tumpung Laung," ujarnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bosan di Kereta, Pria Ini Buat 6 Ilustrasi Kartun yang Hasilnya Kocak Banget

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan panjang mungkin menjadi hal yang melelahkan dan membosankan. Apalagi jika harus menempuhnya dengan kendaraan umum seperti bus atau kereta. Kebanyakan orang akan lebih memilih tidur agar waktu tak terlalu dirasa lama.

Namun tak semua orang bisa tidur di dalam kendaraan umum. Ada berbagai alasan seperti terlalu sesak, sempit, terlalu terganggu dengan bus atau kereta yang berjalan dan sebagainya. Alhasil kondisi itu akan menimbulkan rasa bosan.

Rasa bosan saat di kendaraan tak akan hilang jika hanya sekadar duduk sembari melihat ke arah jendela. Ternyata ada hal yang bisa menghilangkan rasa bosan ketika berada di kereta, seperti yang dilakukan oleh pria satu ini. 

Lewat akun Twitternya @OctoberJones, ia membagikan hasil karyanya ketika berada di kereta. Berawal dari rasa bosan, ia pun menggambar ilustrasi kartun yang ia padukan dengan beberapa penumpang yang duduk di dekatnya.

Hasilnya pun bikin takjub sekaligus kocak. Berikut ini 6 ilustrasi kartun yang diunggah oleh @OctoberJones di Twitter, dilansir oleh Liputan6.com, Rabu (16/10/2019) yang bisa kamu coba ketika berada di kereta.

1. Gambar Hulk-nya cocok banget dengan warna jaket si penumpang!

Pria ini buat ilustrasi kartun di kereta karena bosan, hasilnya justru keren banget. (Sumber: Twitter/@OctoberJones)

2. Kira-kira mereka lagi ngapain tuh?

Pria ini buat ilustrasi kartun di kereta karena bosan, hasilnya justru keren banget. (Sumber: Twitter/@OctoberJones)

3. Tatapan seolah mengatakan "Jangan ganggu!".

Pria ini buat ilustrasi kartun di kereta karena bosan, hasilnya justru keren banget. (Sumber: Twitter/@OctoberJones)

4. Kermit the Frog ikut jadi penumpang kereta nih!

Pria ini buat ilustrasi kartun di kereta karena bosan, hasilnya justru keren banget. (Sumber: Twitter/@OctoberJones)

5. Lagi ditatap sama Mr Pringles tuh!

Pria ini buat ilustrasi kartun di kereta karena bosan, hasilnya justru keren banget. (Sumber: Twitter/@OctoberJones)

6. Kira-kira Mickey Mouse kenapa ya?

Pria ini buat ilustrasi kartun di kereta karena bosan, hasilnya justru keren banget. (Sumber: Twitter/@OctoberJones)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum ke Pengadilan, Nunung Srimulat Masak dan Nyuci di RSKO

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ditahan di Polda Metro Jaya, Nunung Srimulat menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta Timur. Ia sudah menjalani pengobatan hampir dua bulan lamanya.

Sebelum menjalani sidang ketiga di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Nunung Srimulat mengungkap aktivitasnya di RSKO. Ia masih bisa melakukan berbagai hal selayaknya di rumah.

"Masak. Masak, masak sendiri, nyuci nyuci sendiri. Masak empal," ungkap Nunung Srimulat sembari bernyanyi di PN Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2019).

Selama menjalani rehabilitasi, keadaan Nunung Srimulat memang jauh lebih baik dari sebelumnya. "Masa kamu pengin lihat aku stres. He he. Ya lebih baik, lebih happy," kata sang komedian.

 

Agenda Mendengarkan Saksi

Nunung Srimulat (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

Nunung Srimulat dan July Jan Sambiran kembali mengikuti sidang kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2019). Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi dari terdakwa.

Dalam sidang perdana, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Nunung dan July Jan Sambiran dengan tiga pasal alternatif. Pasal tersebut antara lain, pasal 112, 114 dan 127 tentang narkotika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Seru Christian Sugiono dan Titi Kamal agar Anak Rajin Cuci Tangan

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebritas, Christian Sugiono dan Titi Kamal tahu bahwa mencuci tangan punya peran besar mencegah anak jatuh sakit. Keduanya punya trik cerdik agar Arjuna Zayan Sugiono (5 tahun) dan Kai Attar Sugiono (1) mencuci tangan dengan senang hati.

"Di rumah itu, wastafel dilengkapi dekorasi lucu, kesannya familiar kayak tempat anak main. Mereka jadi senang pas cuci tangan," ujar Christian saat peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2019 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, ditulis Rabu (16/10/2019).

"Wastafelnya agak tinggi, jadi ditaruh bangku kecil buat anak-anak bisa cuci tangan di wastafel. Mereka bisa mandiri cuci tangannya."

Untuk menghibur buah hati, Christian dan Titi terkadang membuat lomba cepat-cepatan cuci tangan.

"Anak-anak sih senang banget. Apalagi kalau Bapaknya (Christian) ikutan lomba juga," tambah Titi.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Sering Memutar lagu

Christian Sugiono dan Titi Kamal kala menceritakan cara mereka mengajak anak-anaknya rajin mencuci tangan. (Foto: Fitri Haryanti Harsono)

Untuk menambah kesadaran cuci tangan pada Juna dan Kai, Titi menayangkan video atau memutar lagu soal kuman yang ada di tangan.

"Anak-anak aku kasih tayangan video dan lagu yang fun. Ujung-ujungnya concern ke cuci tangannya itu," Titi melanjutkan.

Dalam tayangan video yang sering pasangan ini putarkandilengkapi suara kuman. Hal ini memberikan kesan kuman, terutama pada tangan berbahaya bila masuk ke tubuh.

"Jadi, kesannya kuman itu seram ya. Makanya, anak-anak jadi mau cuci tangan pakai sabun juga," ujar Titi.

Selain itu, pemain di film Mendadak Dangdut itu kerap melibatkan Juna untuk mengajarkan adiknya mencuci tangan. Caranya lewat storytelling. 

"Baca buku storytelling juga. Bermanfaat banget. Bahkan Juna ngajarin cuci tangan ke adiknya, Kai."

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tembus Pasar Ekspor, Le Minerale Lepas Kontainer Perdana ke Singapura

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Pasuruan - Le Minerale mengembangkan pasarnya ke Singapura, sebagai produk air mineral di Indonesia produksi PT Mayora Indah Tbk. Sebelumnya perseroan sudah tembus pasar ekspor ke beberapa negara yaitu Filipina, Brunei Darussalam, Papua Nugini.

Ekspor ini menjadi momen penting bagi industri air minuman kemasan asli tanah air, untuk membuktikan kualitas produk dalam negeri di  mancanegara. Ekspor perdana Le Minerale ke Singapura ini dilakukan di Pasuruan, Jawa Timur.

Presiden Direktur grup Mayora, Andre Sukendra Atmadja mengatakan, misinya selain ekspor juga untuk membuktikan produk dengan merek Indonesia juga berkelas dunia sehingga dapat mengangkat harga diri dan martabat Indonesia di mata dunia.

"Pencapaian Le Minerale kali ini, menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa mempertahankan kualitas serta memberikan produk terbaik agar dapat merambah pangsa pasar ke negara lainnya," tutur dia, Rabu (16/10/2019).

"Mayora berharap prestasi ini dapat memberikan inspirasi dan pada akhirnya membuat kita semakin bangga sebagai Indonesia," ia menambahkan.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Perhatikan Kualitas Produk Air

PT Mayora Indah Tbk melepas ekspor kontainer perdana le minerale ke Singapura. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sejak berdiri pada 2015, Le Minerale senantiasa memperhatikan kualitas produk air mineral yang dihasilkan. Dari langkah awal, Le Minerale berasal dari sumber terpilih dan mengandung mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

Proses produksinya pun tidak tersentuh oleh tangan manusia dan diakhiri dengan proses pengemasan yang dilengkapi dengan mineral protection system untuk menjaga kandungan air mineral serta membuatnya aman dari pemalsuan.

Le Minerale pun berhasil menembus pangsa pasar Singapura yang kerap dijuluki Negeri Seribu Larangan, karena ketatnya peraturan yang diterapkan dalam negara tersebut.

Masyarakat Singapura, memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya air mineral, karena tuntutan aktivitas yang tinggi. Selain itu, menyadari penting bagi tubuh untuk mendapatkan asupan air mineral yang rutin dan berkualitas.

Meski Singapura menyediakan air keran gratis, banyak warga yang lebih memilih air mineral dalam kemasan demi tujuan menjaga kesehatan. Dengan ekspor ini, produk Le Minerale tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Singapura tetapi juga para pendatang dan turis di Singapura.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Livoli Bhayangkara Samator vs TNI AU

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Bhayangkara Samator akan menjalani laga ketiga Livoli 2019 Divisi Utama di Grup A putra. Rendy Tamamilang dan kolega akan menghadapi TNI AU di GOR Dimyati, Tangerang, Banten, Rabu (16/10/2019) sore WIB.

Laga ini diprediksi berlangsung ketat. Sebab, dalam tiga tahun terakhir Livoli Divisi Utama, Samator dan TNI AU dua kali bertemu di final.

Di final Livoli 2016, TNI AU mengalahkan Samator untuk meraih gelar juara. Setahun kemudian, Samator membalas kekalahan dari TNI AU pada final di GOR Dimyati.

Akan tetapi, sejauh ini penampilan TNI AU belum pada performa terbaiknya. Di laga pertama, Sigir Ardian dan kolega menyerah 0-3 dari Yuso Yogyakarta. TNI AU bangkit di laga kedua dengan mengalahkan Singapore VC 3-1.

Sebaliknya, Samator tampil sempurna pada dua laga awal Livoli 2019. Skuat asuhan Ibarsjah Djanu Tjahjono ini mengalahkan Singapore VC dan Yuso masing-masing dengan skor 3-0.

Live Streaming Livoli Bhayangkara Samator vs TNI AU dimulai pukul 16.00 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Livoli Bhayangkara Samator vs TNI AU pada halaman selanjutnya.

 

 

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Livoli Bhayangkara Samator vs TNI AU silakan klik di sini....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berburu Bingkai Foto Presiden dan Wapres Terpilih Jelang Pelantikan di Pasar Baru

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Pedagang melayani pembeli bingkai foto Presiden Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang melayani pembeli bingkai foto Presiden Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang merapikan bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Harga bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut dijual mulai dari harga Rp 90 ribu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang merapikan bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Harga bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut dijual mulai dari harga Rp 90 ribu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak melintas di antara bingkai foto Presiden Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak melintas di antara bingkai foto Presiden Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Harga bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut dijual mulai dari harga Rp 90 ribu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Harga bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut dijual mulai dari harga Rp 90 ribu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang merapikan bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang merapikan bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang membawa bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Harga bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut dijual mulai dari harga Rp 90 ribu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang membawa bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Harga bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut dijual mulai dari harga Rp 90 ribu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Poster Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Poster Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Poster Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Harga bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut dijual mulai dari harga Rp 90 ribu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Poster Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Harga bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut dijual mulai dari harga Rp 90 ribu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang membawa bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pedagang membawa bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meluncur Besok, Ini Harga Redmi Note 8 di Indonesia?

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang peluncurannya yang akan dilakukan besok, informasi soal Redmi Note 8 kembali beredar di internet. Terbaru, harga smartphone terbaru Redmi tersebut yang diungkap.

Dari gambar yang beredar di internet, Redmi Note 8 akan hadir di Lazada. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (16/10/2019), besar kemungkinan smartphone ini juga akan tersedia eksklusif di kanal ecommerce tersebut.

Hal ini berdasarkan informasi dari deskripsi smarpthone yang hadir dengan keterangan eksklusif. Selain itu, ada pula keterangan penjualan ini dilakukan dari LazMall, sehingga kemungkinan produk ini berasal dari kanal penjualan resmi makin besar.

Bagi kamu yang penasaran, harga untuk Redmi Note 8 yang tertulis di laman tersebut adalah Rp 2.599.000. Harga itu ditujukan untuk model RAM 4GB dengan ROM 64GB.

Kendati demikian, Xiaomi sendiri belum secara resmi mengumumkan kehadiran Redmi Note 8. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi langsung smartphone ini yang akan meluncur besok, Kamis (17/10/2019).

Untuk diketahui, Redmi Note 8 dibekali chipset Snapdragon 665 dengan layar Full HD+ 6,3 inci. Performanya didukung baterai berkapasitas 4.000mAh dengan fitur fast charging 18W.

Sama seperti Redmi Note 8 Pro, smartphone ini memiliki empat kamera belakang. Lensa utama beresolusi 48MP dengan sensor ISOCELL GM2 dari Samsung.

Lalu, lensa lain dari kamera belakang Redmi Note 8 beresolusi 8MP (ultra wide angle), 2MP (kamera makro), dan 2MP (depth sensor). Kamera depan smartphone ini beresolusi 13MP.

Redmi Note 8 Rilis di Indonesia 17 Oktober

Redmi Note 8 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Sebelumnya, lewat akun Twitter resminya, @RedmiIndonesia, perusahaan menuliskan sebuah twit terkait pengumuman Redmi Note 8.

"Yuk merapat, guys, Siap-siap buat upgrade TERBESAR! #XiaomiIndonesia akan meluncurkan produk baru dari seri Redmi Note pada tanggal 17 Oktober 2019," tulis Redmi Indonesia.

Lebih lanjut, perusahaan meminta pengguna untuk mengajak kawan-kawannya. "Mention temen kamu yang udah ga sabar buat menyambut seri Redmi Note baru #Xiaomi #mendingresMI," tulis perusahaan.

Twit itu disertai sebuah poster yang memuat siluet sebuah smartphone dengan angka 8 pada layarnya.

Untuk diketahui, Redmi Note 8 telah resmi diperkenalkan secara global pada akhir Agustus lalu. Seri ini terdiri dari dua varian, yakni varian reguler dan Pro.

Redmi Note 8 Pro

Tampilan Redmi Note 8 Pro yang baru saja meluncur (kredit: Xiaomi)

Sesuai namanya, Redmi Note 8 Pro merupakan varian lebih tinggi dari Redmi Note 8. Model ini juga menjadi smartphone pertama di dunia yang secara resmi diperkenalkan dengan kamera beresolusi 64MP.

Smartphone ini memiliki layar beresolusi 6,53 inci dengan resolusi Full HD+. Selain lensa utama 64MP, Redmi Note 8 memiliki tiga lensa lain beresolusi 8MP (ultra-wide), 2MP (lensa makro), dan 2MP (depth sensor).

Kamera depan smartphone ini memiliki resolusi 20MP dan dibekali sejumlah fitur AI termasuk scene recognition. Redmi Note 8 Pro dipersenjatai dengan Mediatek Helio G90T dan menjadi smartphone pertama yang menggunakannya.

Redmi menawarkan dua kapasitas RAM dan memori internal di smartphone ini, yakni RAM 6GB/ROM 64GB dan RAM 8GB/ROM 128GB. Smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4.500mAh dan sudah mendukung fitur fast charging 18W.

Redmi Note 8 Pro juga menjadi smartphone pertama besutan Redmi yang dibekali fitur pendingin berbasis cairan untuk mencegah panas berlebih.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Intip Bocoran Acara Syukuran Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Posted: 16 Oct 2019 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden akan dilakukan 20 Oktober 2019. Berikut adalah acara syukuran setelah keduanya dilantik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Akhir Masa Jabatan, Ini Pesan JK ke Pelaku Usaha

Posted: 16 Oct 2019 12:53 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kembali menyampaikan sejumlah pesan di akhir masa jabatannya. Dia mengapresiasi semua pihak yang telah berkerja sama selama 5 tahun mendampingi Presiden Joko Widodo. Pertumbuhan ekonomi yang baik, lanjut dia, dicapai jika semua pihak bahu-membahu.

"Tinggal 3 hari kerja. Ucapan terima kasih atas kerja sama. Upaya bersama, maka kita dapat pertumbuhan yang baik walaupun belum maksimum," kata dia, di ICE BSD, Banten, Rabu (16/10).

Dia juga berterima kasih kepada jajaran Menteri yang telah bekerja bersama. JK bahkan sempat menggoda para Menteri yang hadir dalam pembukaan TEI 2019 soal keterpilihan kembali di kabinet.

Meskipun demikian dia tidak menyebutkan secara persis Menteri mana yang akan lanjut atau tidak. "Dan juga terima kasih teman teman yang disini, walaupun ada yang akan berlanjut saya enggak tahu, tapi kita berjuang bersama-sama untuk negeri yang baik.," lanjut dia.

Turut hadir di acara pembukaan TEI 2019 sejumlah Menteri, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Selain itu, tampak pula Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

Di juga memberikan sejumlah pesan dan komentar terkait perdagangan domestik maupun global. Kepada pelaku usaha Indonesia, dia menekankan pentingnya kualitas produk untuk memenangkan persaingan. Hal dijelaskan JK dengan 'Tiga Lebih', yakni lebih baik, lebih murah, dan lebih cepat.

"Lebih baik artinya dengan memakai teknologi yang lebih baik, lebih murah tentunya lebih efisien, dan lebih cepat itu berkaitan dengan logistik. Hal ini menjadi upaya kita semua," tegas dia.

Perbaikan Layanan

Wapres RI, Jusuf Kalla melihat salah satu hasil kerajinan pada Pameran Produk Unggulan Narapidana di Jakarta, Selasa (26/3). Beragam Produk Unggulan Narapidana dari 33 divisi pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham se-Indonesia dipamerkan hingga 29 Maret, mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Upaya perbaikan kualitas produk harus terus dilakukan. Tak hanya itu, perbaikan pelayanan kepada konsumen juga harus terus ditingkatkan.

"Perbaikan kemampuan memproduksi sesuatu dan melayani pelanggan kita. Pelanggan adalah raja juga harus diberikan produk yang lebih baik," ujar dia.

Dia juga menekankan bahwa perdagangan dunia sesungguhnya bertujuan positif, yakni untuk menjadi sarana perdamaian. Perdagangan dunia juga ditunjukkan untuk meningkatkan kemakmuran bersama.

"Sekarang kita tahu semua ada perang dagang AS-China. Kembali bahwa sebenarnya bahwa perdagangan adalah perdamaian. Perdagangan meningkatkan produktivitas, itu artinya untuk menciptakan kemakmuran. Kita harus berjuang dan berusaha untuk itu," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Apa Aplikasi Ponsel yang Berfungsi sebagai Penerima Limbah Makanan?

Posted: 16 Oct 2019 12:51 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri, kota-kota besar seperti halnya Indonesia, kerap menjadi sasaran empuk para pelaku kriminal untuk beraksi. 

Copet misalnya. Mereka akan bertindak begitu ada kesempatan. Dalam video viral pertama yang tayang di SCTV, nampak seorang ibu menangis histeris karena uang Rp 13 juta miliknya dicopet.

Sementara itu, semakin banyaknya aplikasi yang memudahkan para pengguna smartphone, membuat perusahaan-perusahaan telepon pintar berlomba-lomba untuk mencuri pasar. 

Kini ada aplikasi ponsel yang berfungsi sebagai penerima limbah makanan yang tak kalah menyita perhatian. 

Dalam video viral selanjutnya yang tayang di SCTV, mengungkap masalah kesehatan seorang penyanyi dan penulis lagu asal Australia bernama Sia Kate Isobelle Furler atau lebih dikenal sebagai Sia

Penyanyi berumur 43 tahun itu mengidap penyakit Saraf Ehlers Danlos. Penyakit apakah itu?

Saksikan 3 video viral di atas yang menyita perhatian minggu ini hanya di channel SCTV hanya di Vidio.

 

 

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deschamps Kecewa dengan Situasi Giroud di Chelsea

Posted: 16 Oct 2019 12:50 AM PDT

London - Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, kecewa dengan situasi Olivier Giroud di Chelsea. Menurutnya, Giroud sebenarnya masih bisa diandalkan untuk menjadi striker utama The Blues dan Tim Ayam Jantan.

Giroud tetap tampil produktif bersama Prancis. Padahal, ia tak mendapat kesempatan bermain secara reguler di Chelsea.

Giroud kalah bersaing dengan Tammy Abraham yang menjadi pilihan utama manajer Chelsea, Frank Lampard. Hal itu yang menjadi kekhawatiran utama Deschamps.

"Olivier sedang menderita di Chelsea. Ia harus bertahan di kondisi tersebut, setidaknya hingga Januari mendatang," ujar Deschamps.

"Januari mendatang, Giroud memiliki pilihan untuk menyelamatkan kariernya. Saya harap, ia bisa berjuang dan membuat keputusan agar bisa tampil reguler."

"Untungnya, Giroud masih tampil tajam. Golnya sangat membantu Prancis. Ia menunjukkan performa yang positif."

"Ia adalah pemain yang berpengalaman dan bisa memberikan respons yang baik setiap dibutuhkan," ungkap Deschamps.

Hingga pekan kedelapan Premier League, Giroud baru mencatatkan tiga penampilan untuk Chelsea.

Siap Hengkang

Pemain Chelsea, Olivier Giroud. (AFP/Glyn Kirk)

Olivier Giroud masih memiliki kontrak di Chelsea hingga Juni 2020. Kontrak tersebut baru ia tanda tangani pada Mei lalu.

Sebelumnya, Giroud sudah bertekad untuk meninggalkan Chelsea dan kembali ke negaranya. Namun, manajemen Chelsea membujuknya untuk bertahan.

Hal itu dikarenakan Chelsea dihukum embargo transfer oleh FIFA. Kondisi itu membuat Chelsea tak bisa mendatangkan pemain baru.

Namun, Frank Lampard memutuskan untuk menunjuk Tammy Abraham sebagai striker utama Chelsea pada musim 2019-20. Situasi tersebut membuka peluang Giroud untuk minta dilepas pada Januari mendatang.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari Bola.com (Aditya Wicaksono / Rizki Hidayat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tak Kering dan Kusut, Alami dan Praktis

Posted: 16 Oct 2019 12:50 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rambut keriting punya keunikannya tersendiri dibanding jenis rambut lainnya. Di balik keunikannya seperti melengkung atau melilit ini kerap menimbulkan masalah bagi pemiliknya. Salah satunya adalah rambut keriting cenderung mudah rapuh. 

Hal ini dikarenakan jenis rambut yang melengkung atau bergelombang, membuat minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala sulit melembutkan setiap helai rambut. Tak heran, kalau rambut keriting tingkat kelembapannya sangat rendah.

Oleh karena itu, agar rambut keriting tetap lembap kamu perlu melakukan perawatan khusus yang berbeda dengan jenis rambut lainnya. Berikut ada beberapa cara merawat ra,but keriting yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2019).

Gunakan Conditioner

Ilustrasi rambut keriting (iStockphoto)

Pemilik rambut keriting, perlu menjadikan conditioner sebagai perawatan rambut yang paling utama. Dibandingkan sampo, conditioner menjadi hal utama untuk membuat rambut keriting lebih sehat.

Seperti yang sudah diketahui bahwa, minyak alami sulit terdistribusi dengan baik dari kulit kepala menuju helai-helai rambut yang keriting. Oleh karena itu, kamu harus memastikan penggunaan conditioner sebagai perawatan rambut yang utama.

Ketika menggunakan conditioner, kamu bisa membagi rambut atau memisahkan-misahkan rambut dengan mudah secara menyeluruh. Cukup gunakan jari-jari untuk memisahkan rambut keriting.

Tidak Perlu Sering Keramas

Ilustrasi rambut keriting. (unsplash.com)

Rambut keriting tidak perlu keramas sesering mungkin. Pasalnya, dengan keramas terlalu sering justru akan membuat rambut kamu menjadi rapuh dan kering. Namun, kamu bisa menggunakan conditioner sebagai teman perawatan rambut yang utama saat sedang membasahkan rambut.

Untuk pemilihan produk sampo sendiri, kamu dianjurkan memilih produk yang tidak memiliki bahan-bahan yang keras alias yang ringan. Pilihlah sampo yang ringan dengan sedikit busa. Hal ini berfungsi untuk menyegarkan dan mengurangi hilangnya kelembapan.

Keramas dengan Benar

Rambut Keriting | unsplash.com

Bukan hanya kesehatan batang rambut yang perlu diperhatikan, kulit kepala juga perlu diperhatikan. Untuk itu, kamu bisa keramas dengan tidak menggosok kulit kepala terlalu keras. Karena hal ini akan berpotensi membuat rambut kusut.

Bagi kamu pemilik rambut keriting yang tebal, kamu bisa membagi rambut menjadi empat bagian. Setelah itu, aplikasikan sampo pada kulit kepala, lalu fokuslah untuk membersihkan kulit kepala dengan cara menyekanya perlahan.

Kalau sudah merata, ratakan seluruh busa sampo ke seluruh bagian rambut dengan memijatnya lembut. Hindari untuk menggosoknya terlalu kuat dan keras.

Sisir dengan Benar

Ilustrasi rambut keriting (Foto: Unsplash)

Saat menyisir rambut keriting, kamu perlu berhati-hati. Kamu perlu memilih jenis sisir yang memiliki tekstur lembut. Begitu juga dengan teknik menyisirnya, hindari untuk menarik ketika disisir.

Pada rambut keriting, kamu bisa menyisirnya saat rambut masih dalam kondisi basah. Hal ini bisa memudahkan proses penyisiran agar rambut keriting tidak mudah patah dan kusut. Sisirlah secara perlahan, helai demi helai.

Untuk menyisirnya, gunakan sisir bergigi jarang. Mulailah menyisir dari ujung rambut hingga ke atas. Setelah itu, kamu bisa mengeringkannya secara alami.

Hindari Pengering Rambut

Pengering Rambut

Alat pengering bisa menyebabkan rambut rusak. Untuk itu, sebisa mungkin menghindari pengering rambut yang panas dan gunakan saja pengering alami alias membiarkannya terkena angin saja.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan diffuser untuk meminimalkan rambut keriting dan membuatnya terlihat lebih bervolume. Jika menggunakan diffuser, kamu bisa memulainya dari akar rambut dengan menggunakan gerakan melingkar.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kain berbahan katun atau handuk microfiber untuk memeras air berlebih di rambutmu.

Gunakan Vitamin Rambut

Ilustrasi vitamin rambut/copyright shutterstock

Pada rambut keriting yang mudah kering, kamu bisa memberikan nutrisi rambut dengan menggunakan vitamin. Gunakan vitamin yang mengandung ekstrak vitamin E untuk mendapatkan rambut menjadi lembap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Lolos CPNS 2019? Ikut Saja Simulasi SKD di Situs BKN

Posted: 16 Oct 2019 12:50 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah segera membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Rencananya pengumuman seleksi CPNS dimulai pada 25 Oktober 2019.

Terkait ini, Kepala Subbidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Efni Surayadi meminta masyarakat memanfaatkan aplikasi resmi milik pemerintah untuk berlatih soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). 

Efni mengatakan, selain gratis dan mudah diakses, soal-soal yang ada, resmi dari bank soal BKN.

"Tentu sah-sah saja apabila masyarakat ingin melakukan simulasi soal SKD di banyak tempat. Namun, BKN tidak menjamin kualitasnya," ujar dia seperti mengutip laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Rabu (16/10/2019).

Menurut Efni, saat ini BKN hanya memfasilitasi simulasi soal SKD seleksi CPNS melalui website yang dapat diakses di alamat cat.bkn.go.id.

Terakhir, Efni mengatakan jumlah kuota maksimal yang dapat mendaftar simulasi soal SKD di website cat.bkn.go.id sebanyak 1.500 orang per hari.

"Memang dibatasi pendaftarnya per hari. Hal itu untuk memastikan pengalaman akses yang baik. Namun, jumlah akses untuk mengikuti simulasi soal SKD tidak dibatasi. Masyarakat bisa mencobanya kapan pun dan di mana pun," pungkas Efni.

 

 

Hati-hati Penipuan

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

BKN juga mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang dilakukan sejumlah oknum menjelang dibukanya pendaftaran seleksi CPNS 2019.

Ini diungkapkan Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan.Dia mengatakan tingginya animo masyarakat menyambut dibukanya pendaftaran seleksi CPNS kerap dimanfaatkan oknum untuk mengeruk keuntungan.

"Jenis penipuan yang kerap ada selama ini beragam, mulai dari Surat Keputusan (SK) palsu hingga simulasi soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang mengatasnamakan BKN," jelas dia.

Untuk itu, Ridwan berharap masyarakat semakin pintar dalam menyaring informasi resmi. Informasi resmi seputar penerimaan seleksi CPNS pastinya hanya dari kanal resmi milik pemerintah, yakni website berdomain go.id dan media sosial yang sudah terverifikasi.

Tonton Video Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Exclusive Live Streaming PSM Makassar Vs Arema di Vidio Premier

Posted: 16 Oct 2019 12:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar akan menjamu Arema dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Duel kedua tim akan digelar di Stadion Andi Mattalatta petang nanti.

Saat ini PSM Makassar berada di posisi kesembilan klasemen Shopee Liga 1 2019. Tim Juku Eja mengumpulkan 27 poin dari 19 laga.

Sementara Arema berada di posisi kelima klasemen. Singo Edan mengoleksi 33 dari 20 laga.

Kemenangan sangat dibutuhkan kedua tim untuk memperbaiki posisi di klasemen Shopee Liga 1 2019. Apalagi keduanya menargetkan finis di papan atas.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan PSM Makassar Vs Arema exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Prediksi Susunan Pemain

Prakiraan susunan pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Hasim Kipuw, Munhar, Aaron Evans, Beny Wahyudi (belakang); Rizky Pellu, Mark Klok, Wiljan Pluim (tengah); Zulham Zamrun, Amido Balde, M. Rahmat (depan).

Pelatih: Darije Kalezic

Arema FC (4-2-1-3): Kartika Ajie (kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Ikhfanul Alam, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Takafumi Akahoshi; Makan Konate (tengah); Dedik Setiawan, Sylvano Comvalius, Ridwan Tawainella (depan).

Pelatih: Milomir Seslija

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kamar Nino Kuya, Penuh Mainan dan Koleksi Barang Mahal

Posted: 16 Oct 2019 12:40 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini sosok Nino Kuya mendapat perhatian publik Indonesia. Hal itu lantaran video prank yang ia buat saat membeli iPhone keluaran terbaru dengan berpakaian seperti gelandangan trending nomor 1 di YouTube.

Putra dari pasangan selebriti Tanah Air Uya Kuya dan Astrid Khairunisha ini sudah mulai beranjak dewasa. Pemilik nama lengkap Sydney Agusto Putra Utama dikenal sebagai sosok yang pendiam dan pemalu.

Sangat jarang orang tahu tentang kehidupan putra dari salah satu presenter terkaya di Indonesia ini. Dalam akun YouTubenya, Nino Kuya kerap kali mengunggah berbagai momen tentang kehidupannya.

Salah satunya ialah potret kamar Nino Kuya yang penuh dengan barang mewah. Ya, sebagai putra bungsu tentunya Nino Kuya selalu mendapat dukungan dari kedua orangtuanya. Dalam video yang diunggah tersebut tampak banyak sekali barang-barang mewah dan mahal yang dimiliki Nino Kuya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari akun YouTubenya Nino Kuya, 6 potret kamar Nino Kuya, Rabu (16/10/2019).

1. Layaknya kamar anak laki-laki, kamar Nino Kuya terlihat berantakan dan penuh beragam mainan.

Potret Kamar Nino Kuya, Penuh Mainan dan Barang Mahal (sumber:YouTube/Nino Kuya)

2. Nino Kuya sangat menyukai film superhero, kamarnya dipenuhi oleh action figure yang terkenal mahal.

Potret Kamar Nino Kuya, Penuh Mainan dan Barang Mahal (sumber:YouTube/Nino Kuya)

3. Nino Kuya juga hobi mengoleksi sepatu, bahkan ia memiliki sepatu yang langka bahkan mencapai harga Rp 12 juta.

Potret Kamar Nino Kuya, Penuh Mainan dan Barang Mahal (sumber:YouTube/Nino Kuya)

4. Tas yang dimiliki oleh adik Cinta Kuya ini juga penuh barang branded.

Potret Kamar Nino Kuya, Penuh Mainan dan Barang Mahal (sumber:YouTube/Nino Kuya)

5. Koleksi topi anak Astrid Khairunisha ini juga beragam dan banyak yang dibeli langsung saat ia keluar negeri.

Potret Kamar Nino Kuya, Penuh Mainan dan Barang Mahal (sumber:YouTube/Nino Kuya)

6. Jaket Nino Kuya juga memiliki harga yang fantastis, bahkan ada yang mencapai jutaan rupiah.

Potret Kamar Nino Kuya, Penuh Mainan dan Barang Mahal (sumber:YouTube/Nino Kuya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Saksikan Ngobrol Bareng Komentator dan Peserta D’Academy Asia 5

Posted: 16 Oct 2019 12:40 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - D'Academy Asia musim ke 5 adalah sebuah ajang kompetisi menyanyi dangdut terbesar di Asia yang diikuti oleh peserta dari beberapa negara di Asia Tenggara.

D'Academy Asia sendiri akan disiarkan secara lansung di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar dan live streaming di Vidio.com. Tentu saja lagu yang akan dibawakan oleh para pesera di kompetisi ini bergenre dangdut dan Melayu.

Nah, pada kesempatan kali ini komentator dan para peserta D'Academy Asia musim ke 5 akan berbincang-bincang bersama di Vidio Talk pada Rabu, 16 Oktober 2019 pukul 15.30 WIB. 

Buat yang penasaran dengan keseruan para komentator dan para peserta D'Academy Asia musim ke 5 di Vidio Talk, jangan lupa saksikan hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Pameran Logistik, Menhub Ingin Pengusaha Tingkatkan Ekspor

Posted: 16 Oct 2019 12:38 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka pameran Indonesia Transport Supply Chain & Logistics (ITSCL), di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. ITSCL ini merupakan tempat berkumpulnya para pemain industri, asosiasi dan regulator untuk menumbuhkan inovasi, kerjasama serta pertumbuhan dari industri tranportasi dan logistik.

Dalam sambutannya, Budi Karya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ITSCL yang diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Dia meyakini, kegiatan yang digelar tahunan ini akan menunjang investasi hingga kegiatan ekspor nasional.

"Satu kegiatan yang baik dilakukan Kadin dalam rangka menunjang fokus pemerintah meningkatkan investasi dan ekspor," kata dia dalam sambutannya, di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Budi Karya mengatakan, kegiatan ini pun sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin percepatan investasi hingga mendorong ekspor. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh para pengusaha hingga stakeholder yang hadir untuk saling bahu membahu mewujudkan langkah pemerintah dalam mendorong investasi dan ekspor.

"Kita tahu juga ekonomi makro tidak begitu baik, oleh karenanya ada satu keharusan antara pemeritnah dan swasta dalam hal ini Kadin untuk elaborasi melakukan dukungan dan mengajak semua swasta untuk segera berbuat," jelasnya.

Sekedar informasi saja, acara ini di ramaikan oleh lebih dari 100 peserta pameran dari 12 negara dan menampilkan penyedia jasa transportasi darat, laut dan udara serta teknologi terkini yang akan menghubungkan integrasi distribusi dan sistem logistik.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Budi Karya Ungkap Kesan Selama jadi Menteri Jokowi

Menhub, Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers tentang pencapaian kinerja akhir tahun 2018 Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (13/12). Sejumlah pencapaian tercatat dalam laporan kinerja selama empat tahun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan segera berakhir. Jokowi sendiri akan memulai periode kedua kepemimpinannya bersama Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

Dalam rentang waktu lima tahun periode pertama, tentu ada banyak kenangan dan kesan yang muncul terhadap pola kepemimpinan Mantan Walikota Solo tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan selama menjadi anak buah Jokowi, dia mendapat kesan bahwa Jokowi merupakan sosok pimpinan yang inspiratif. 

"Pak Jokowi itu selalu menginspirasi dan ide-idenya beyond, di atas. Bahkan tidak saya pikirkan, ada ide," kata dia di Stasiun KA Bandara Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10).

Hal tersebut, jelas Menhub , justru menjadi motor penggerak bagi para anak buah termasuk dirinya untuk bekerja lebih giat. Tentu dengan harapan dapat mencapai target yang telah dipatok.

"Itu justru bagi kami, bagi saya dan beberapa menteri, justru menjadi tantangan, membangun memberikan semangat bagi kita. Bayangkan kita diberikan tantangan yang luar biasa, pasti kita bersemangat mencapainya," ujar dia.

Budi pun menanggapi dengan santai, ketika ditanya apakah sudah ada tawaran untuk kembali masuk kabinet di periode kedua kepemimpinan Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Sejarah Baru, 2 Astronaut Wanita NASA Siap Spacewalk Pekan Ini

Posted: 16 Oct 2019 12:36 AM PDT

Liputan6.com, California - Dua astronaut wanita NASA, Christina Koch dan Jessica Meir, dijadwalkan untuk melakukan spacewalk bersama di luar Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) pada Senin, (21/10/2019).

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah: antariksawan perempuan berjalan di ruang angkasa. Di satu sisi, kegiatan bernama extravehicular activity (EVA) itu merupakan bagian dari misi pemasangan baterai baru ISS.

Namun, baterai-baterai tersebut sudah ditata ulang dan dilacak dengan cepat, berkat kegagalan salah satu pengontrol daya laboratorium yang mengorbit pada akhir pekan, ujar pejabat NASA pada Selasa, 15 Oktober 2019.

"Pembaruan @Space_Station: spacewalk wanita perdana kami bersama @Astro_Christina dan @Astro_Jessica akan terjadi pada Kamis atau Jumat untuk mengganti unit pengisian baterai yang salah," kata kepala NASA Jim Bridenstine melalui Twitter, dikutip dari Space.com, Rabu (16/10/2019).

Kegagalan daya adalah pengulangan dari masalah yang terjadi pada April, setelah pertukaran baterai pertama dilakukan, kata pejabat NASA saat konferensi pers kemarin.

Unit pengisian/pengosongan baterai (BCDU) yang gagal akan dikembalikan ke Bumi beberapa bulan dari sekarang, menggunakan kapsul kargo SpaceX, Dragon.

Para insinyur NASA nantinya memeriksa perangkat keras tersebut untuk mengetahui apa yang terjadi. Sementara itu, BCDU yang rusak pada April kemarin sudah ada di Bumi dan para peneliti akan membandingkan kedua unit untuk mencari tahu permasalahan yang menimpa keduanya.

Sepanjang sejarah, hanya 15 astronaut wanita yang pernah melakukan spacewalk, tetapi semuanya dilaksanakan berdampingan dengan rekan pria mereka. Jadi, Koch dan Meir akan mengukir sejarah baru.

Sempat Tertunda

Astronaut NASA Anne McClain. (NASA.com)

Tonggak spacewalk wanita pertama awalnya dijadwalkan untuk Maret tahun ini. Mulanya hanya melibatkan Koch dan Anne McClain. Namun, rencana ini tinggal wacana, sebab pakaian ruang angkasa yang ukurannya pas dengan tubuh mereka tidak tersedia.

McClain, yang sudah lebih dulu berangkat ke ISS dan kembali ke Bumi pada Juni kemarin, menyampaikan pesan untuk Koch, Meir dan rekan-rekan mereka di ISS yang mengorbit.

"Spacewalk ketiga dalam musim spacewalk yang sibuk minggu ini. Tanggal tidak diketahui karena tugas semacam itu tidak terduga: mengganti unit yang gagal dengan baterai baru. Sangat bagus bahwa kita memiliki 4 spacewalkers ahli di ISS untuk memikul tugas berat ini. Mereka adalah tim-A!" tulis McClain melalui Twitter.

Enam orang bertugas di ISS saat ini dalam misi bernama Ekspedisi 61 adalah Koch, Meir, Andrew Morgan (NASA), Aleksandr Skvortsov dan Oleg Skripochka (Roscosmos), dan Luca Parmitano (ESA).

Cara Astronaut Mengganti Baterai

Astronaut NASA Andrew Morgan sedang memasang pelat adaptor baterai selama perjalanan ruang angkasanya untuk meningkatkan sistem tenaga Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Minggu, 6 Oktober 2019. (NASA TV)

Dua astronaut NASA yang dikirim ke Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) baru-baru ini berhasil menjalankan misi spacewalk kedua mereka: mengganti baterai ISS dari luar laboratorium tersebut.

Ekspedisi "61 flight engineers" Christina Koch dan Andrew Morgan bekerja di ruang hampa selama 7 jam 1 menit pada Minggu, 6 Oktober 2019, untuk memasang pelat adaptor baterai.

Extravehicular activity (EVA) atau spacewalk dimulai pada pukul 07.39 dan berakhir pada pukul 14.40 waktu setempat.

Melanjutkan proses yang sudah dimulai pada Januari 2017, Koch dan Morgan berkelana ke sisi paling kiri ISS, atau port, rangka tulang punggung ISS yang merupakan rangkaian unit penyimpanan daya selain bagian depan.

"Ya ampun, ini indah sekali," seru Morgan di awal spacewalk-nya saat menyaksikan matahari terbit, dikutip dari situs NASA dan Space.com, Selasa, 8 Oktober 2019. "Ini sangat mengagumkan."

ISS sendiri ditenagai oleh delapan susunan sayap besar bertenanga surya, masing-masing sisi rangka punya empat instrumen ini.

Sayap-sayap itu memberi aliran listrik ke sistem-sistem yang ada di ISS ketika berada di bawah sinar matahari dan mengisi empat bank baterai jumbo yang dipasang di pangkalan ISS ketika melewati bayangan Bumi.

Koch dan Morgan mengganti dua baterai lama berbahan nikel-hidrogen dengan dua baterai baru berbahan lithium-ion. Baterai ini dikirim ke ISS menggunakan roket H-II Transfer Vehicle-8 (HTV-8) milik Jepang yang tiba pada 28 September 2019.

Masing-masing baterai baru dapat menampung dua baterai nikel-hidrogen.

Koch dan Morgan pertama-tama melepas salah satu baterai lama dan kemudian, dengan hati-hati menyerahkannya bolak-balik satu sama lain, menggiring baterai baru ke slot kosong di pelat yang tersedia.

Setiap baterai berukuran setengah kulkas satu pintu atau 101x94x48 cm. Baterai nikel-hidrogen berbobot 165 kilogram. Sedangkan baterai lithium-ion memiliki berat 194 kg.

Namun, bobot benda-benda itu tidak menjadi masalah ketika berada dalam lingkungan gayaberat mikro, massa baterai masih menjadi faktor dalam hal kelembaman.

Kerja Tim

Nick Hague (kiri), Christina Koch (tengah), dan Anne McClain (kanan) berlatih untuk spacewalk di ISS. (NASA)

Astronaut NASA lain, Jessica Meir (yang bekerja dari dalam ISS), kemudian menggunakan lengan robot Canadarm2 untuk memposisikan ulang pelat, sehingga baterai pengganti pertama berada dalam jangkauan Koch dan Morgan.

Koch dan Morgan selanjutnya memposisikan ulang baterai baru ke slot kosong yang mereka buka pada unit peralatan terintegrasi, pada rangka Port 6 (P6).

Baterai baru pertama dipasang pada tempatnya sekitar 50 menit setelah baterai lama disimpan pada pelat yang terbuka.

Koch dan Morgan juga diberi kendali misi di Houston untuk melepas baterai nikel-hidrogen lainnya dan memasangnya di atas pelat adaptor, di mana akan disimpan untuk jangka panjang. 

EVA pada 6 Oktober kemarin adalah spacewalk kedua Koch dan Morgan.

Koch, yang menjabat sebagai EV1 (atau spacewalker utama) dan mengenakan pakaian antariksa Extravehicular Mobility Unit (EMU) sekarang sudah mengantongi 'jam terbang' total 13 jam dan 46 menit pada dua spacewalk-nya.

Morgan, sebagai EV2, mengenakan setelan tanpa pengidentifikasi dan memiliki total 13 jam dan 33 menit pada dua EVA-nya.

Saksikan Video Penggantian Baterai ISS di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Acer Swift 5 Rilis di Indonesia, Laptop Tertipis dengan VGA Nvidia GeForce

Posted: 16 Oct 2019 12:35 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bertempat di Jakarta, pada Rabu (16/10/2019), Acer menghadirkan laptop Swift 5, Swift 3, Aspire 5, AIO Aspire C24 dan Aspire C22, serta AIO Desktop Aspire C.

Dari keenam produk itu, Acer Swift 5 sangat patut menjadi sorotan. Laptop ini sangat ringan dan tipis, hanya berbobot 990 gram dan setipis 14,95 mm.

"Menurut survei pasar, dari tahun lalu ke Juli tahun ini, ada peningkatan signifikan, naik dua kali lipat," kata Theresia Hanydawati, Head of Consumer Product, Acer Indonesia.

Ia menambahkan, "Pangsa pasar laptop Thin and Light baru sekitar tiga puluh persen dari total pasar notebook. Setiap waktu kita lihat hasil survei market. Room untuk grow masih lumayan luas."

Dapur pacu laptop ini adalah Intel Ice Lake Core i7 (generasi kesepuluh). Dengan demikian, laptop ini sudah mendukung teknologi Wi-Fi generasi keenam dan Thunderbolt 3. Ada pula dukungan teknologi Iris Plus.

"Teknologi Wi-Fi 6 ini tiga kali lebih baik dan lebih cepat dari generasi sebelumnya," tutur Consumers Notebook Product Manager Acer Indonesia, Michael Christian.

Terkait daya tahan, Christian menjelaskan mekanisme pembautan di Acer Swift 5 berbeda dengan kebanyakan laptop pada umumnya.

"Desain pembautan Acer Swift 5 tidak di motherboard, sehingga durability laptop ini sangat baik. Pengguna tidak perlu ragu karena sudah didesain sedemikian rupa, sehingga durable," Christian.

Spesifikasi Acer Swift 5

Lebih lanjut, Theresia menekankan upaya Acer dalam menjaga kualitas produknya. "Meski tipis dan ringan, secara quality kami tetap jaga. Ada pengujian internal," ujar Theresia.

Spesifikasi utama Acer Swift 5:

Layar: 14-inch Full HD LCD with IPS

Prosesor: Intel Ice Lake Core i5 / Core i7

VGA: NVISI GeForce MX250

RAM: 8GB / 16GB

Storage: hingga 512GB SSD

Fitur: 

Fingerprint scanner

Type-C USB 3.1 w/ Thunderbolt 3, HDMI, 2 x Type-A USB, lock slot

Berat: 990g

Ketebalan: 14,95 mm

Harga: Rp 15,9 juta

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal tentang Kembalinya Sandiaga Uno ke Gerindra

Posted: 16 Oct 2019 12:34 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno kembali menjadi kadar Partai Gerindra. Kembalinya Sandi diketahui pertama kali melalui unggahan video di Instagram miliknya @sandiuno.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno keluar dari Partai Gerindra untuk maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Pada unggahannya, Sandiaga Uno terlihat mengenakan sebuah kemeja. Namun, setelah kemeja itu dibuka, ada tulisan Gerindra. Caption unggahan itu pun, "Saya Kembali".

Kembalinya Sandiaga Uno juga dibenarkan oleh Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzhar Simanjuntak. Dia mengatakan Sandiaga resmi kembali ke Gerindra sejak Senin, 14 Oktober 2019.

"Betul," kata Dahnil pada Merdeka, Selasa, 15 Oktober 2019.

Berikut 5 hal tentang kembalinya Sandiaga Uno ke Partai Gerindra dihimpun Liputan6.com:

 

Disambut Gerindra

Inspiring Leader Sandiaga Uno saat menghadiri acara Young Penting Indonesia di Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Acara ini bertujuan untuk mempersatukan Indonesia. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sandiaga Salahuddin Uno resmi kembali bergabung ke Partai Gerindra. Hal itu terlihat dari unggahan video Sandiaga di instagram @sandiuno.

Dalam video itu, terlihat Sandi tengah melepas pakaiannya yakni batik berwarna biru. Namun, saat dibuka baju batik tersebut, Sandi terlihat mengenakan kaos berwarna hitam bertuliskan Gerindra. Keterangan di bawah unggahan video tersebut tertulis 'Saya kembali'.

Unggahan ini langsung direspon mantan jubirnya semasa kontestasi Pilpres 2019 lalu, Dahnil Anzar Simanjutak. Lewat Instagram pribadinya, Dahnil berkomentar dengan tulisan "hhaahahahahahahahjah (emoticon smile)".

Selain itu, akun instagram resmi Partai Gerindra juga memberi komentar positif menyambut sinyal diberikan Sandiaga.

"Selamat datang kembali Mas @sandiuno #PutihKrem menunggu. Salam #IndonesiaRaya," tulis akun resmi tersebut.

 

Sandiaga Merasa Prabowo Mentor Politik

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan cawapres Sandiaga Uno usai memberi ketarangan terkait hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). MK tak menemukan bukti terkait ketidaknetralan aparatur negara dalam Pilpres 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzhar Simanjuntak mengungkapkan alasan Sandiaga kembali ke Gerindra.

Salah satunya, kata Dahnil, karena Sandiaga merasa Prabowo adalah mentornya di dunia politik.

"Iya memang Bang Sandi merasa Pak Prabowo adalah mentor utama politik beliau, makanya Bang Sandi tidak mungkin meninggalkan Pak Prabowo dan Gerindra, pasti akan terus menjadi pejuang politik melalui Gerindra seperti selama ini diajarkan Pak Prabowo," ungkap Dahnil.

 

Hadiri Konfernas Gerindra

Kader Partai Gerindra, Sandiaga Uno didampingi istri Nur Asia tiba menghadiri Rapimnas dan Apel Kader Partai Gerindra di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sandiaga Uno kembali menyandang status sebagai kader Partai Gerindra. Dia pun menghadiri Konferensi Nasional dan apel kader partai di kediaman Prabowo Subianto, Hambalang, Bogor.

Pantauan di lokasi, Sandiaga hadir pukul 09.30 WIB dengan berjalan kaki menuju gerbang utama dengan didampingi belasan kader Gerindra lainnya.

"Halo apa kabar?" sapa Sandiaga ke para kader yang menyapanya di lokasi, Hambalang, Bogor, Rabu (16/10/2019).

Raut wajah Sandiaga semringah. Memakai peci hitam, kemeja safari putih dan celana krem, Sandiaga mengatakan bersyukur bisa kembali menjadi kader Partai Gerindra.

"Ya bersyukur ya bisa kembali," jelas Sandiaga.

"Selamat datang Bang Sandi," seru para kader yang berpapasan dengannya.

Menurut Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, dikumpulkannya seluruh kader oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hari ini adalah untuk mendengarkan suara semua anggota tentang bagaimana langkah Partai Gerindra selanjutnya, usai pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober nanti.

 

Tak Incar Jabatan

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno melambaikan tangan setibanya di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk menggunakan hak politiknya dalam Pemilu 2019, Rabu (17/4). Pemilu 2019 terdiri dari Pilpres dan Pileg yang diselenggarakan secara serentak (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sandiaga Uno menghadiri Konferensi Nasional (Konfernas) dan apel kader Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Ia sekitar pukul 09.40 WIB bersama istrinya Nur Asia dengan menggunakan ojek lantaran padatnya lalu lintas.

"Hari ini saya menerima undangan dari Pak Prabowo untuk hadir di Rapimnas dan kader kader. Dan sebagai kader Gerindra kita berharap Rapimnas ini akan menghasilkan keputusan keputusan strategis untuk kemajuan bangsa kita," ujar Sandiaga.

Calon wakil presiden pada Pilpres 2019 ini mengakui kembali bergabung dengan Partai Gerindra. Dia beralasan kembali bergabung dengan partai besutan Prabowo karena memiliki kesamaan pandangan politik yang sama.

"Platform perjuangannya sama dan saya dulu awal berpolitik di sini. Saya merasa ini rumah kita bersama. Rumah untuk memperjuangkan Indonesia yang tentunya lebih adil, makmur sejahtera untuk masyarakat bisa menggerakan ekonomi membuka lapangan kerja," terang Sandiaga.

Saat ditanya akan menempati posisi jabatan apa di Partai Gerindra, Sandi sapaan akrabnya mengaku tidak mematok posisi jabatan di pengurus pusat.

"Saya ga matok matok posisi (pengurus). Saya serahkan ke Pak Prabowo semua," ucapnya.

 

Memungkinkan Kembali Jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memberi keterangan saat tiba di rumah Prabowo Subianto di Kertangara, Jakarta, Jumat (28/6/2019). Prabowo menggelar silaturahmi antarpartai koalisi yang telah saling memberi dukungan sepanjang proses Pilpres 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan kembalinya Sandiaga Uno ke partai berlambang garuda itu.

Menurut Muzani, Sandiaga kemungkinan kembali menduduki posisi yang dulu ditinggalkan, yaitu Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Tentu hal tersebut setelah dipertimbangkan oleh Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Dimungkinkan wakil ketua dewan pembina sehingga mungkin jabatan yang ditinggal akan kembali dijabat oleh beliau lagi, setelah Pak Prabowo terutama setelah ketua dewan pembina mempertimbangkan satu dan lain halnya," ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Muzani mengatakan kembalinya Sandiaga ke Gerindra merupakan hak politiknya. Dia menegaskan, Gerindra tidak memberikan tekanan agar Sandiaga kembali.

Wakil Ketua MPR itu menuturkan, sejak awal memang Sandiaga satu jalur perjuangan dengan Gerindra. Karenanya, Sandiaga bakal kembali dalam forum tinggi Gerindra yaitu Rakernas.

"Dari awal Pak Sandi juga rasanya juga merasa dengan jalan perjuangannya dengan Gerindra sudah cocok, sehingga itulah jawaban kenapa kemudian beliau akan kita terima dalam forum yang terhormat besok di rapat pimpinan nasional," kata Muzani.

Dia merasa, Sandiaga sudah memiliki chemistry dengan Gerindra sebagai kawan lamanya. Sehingga memutuskan kembali lagi dan tidak pindah partai.

"Mungkin chemistry itu yang beliau merasa bahwa chemistry ini perlu dilanjutkan dalam perjuangan politik ke depan," ucap Muzani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perantara Suap Bowo Sidik Dituntut 4 Tahun Penjara

Posted: 16 Oct 2019 12:31 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perantara pemberi suap mantan anggota DPR Bowo Sidik Pangarso, Indung Andriani dituntut empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 1 bulan kurungan.

"Menuntut agar majelis hakim Pengadilan Tipikor menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun, pidana denda Rp 200 juta, atau subsider 1 bulan kurungan," ucap Jaksa Penuntut Umum (JPU), Dian Hamisesa di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Menurut jaksa, Indung telah terbukti menerima suap bersama-sama dengan Bowo. Suap diterima dari Direktur PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Taufik Agustono dan Marketing Manager PT HTK, Asty Winasti.

Indung disebut menerima uang sebesar USD 128.733 dan Rp 311 juta. Uang suap yang diberikan secara bertahap itu untuk Bowo.

Penerimaan suap dari Taufik Agustono dan Asty, Indung selalu melaporkan dan menyerahkan uang fee tersebut kepada bekas politisi Golkar tersebut.

Jaksa menilai, uang yang diberikan kepada Bowo melalui Indung bertujuan agar PT HTK dibantu mendapatkan kerja sama pekerjaan pengangkutan atau sewa kapal dengan PT Pupuk Indonesia Logistik (PT Pilog).

"Menerima pemberian uang sebesar USD 128.733 dan Rp 311.022.932," ujarnya.

 

Kontrak Proyek

Terdakwa dugaan suap/gratifikasi terkait kerjasama jasa pelayaran yang juga anggota komisi VI DPR RI, Bowo Sidik Pangarso saat menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (4/9/2019). Sidang mendengar keterangan saksi-saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Lebih lanjut, jaksa mengatakan, Indung mengenal Bowo sejak 2003. Indung sempat menjadi staf keuangan di PT Inersia Ampak Engineer, perusahaan milik Bowo. Lalu, setelah Bowo menjadi anggota DPR, Indung diangkat jadi Direktur Keuangan. Sedangkan Bowo menjadi komisaris utama di perusahaan tersebut.

Pada Oktober 2017, Indung dan Bowo bertemu dengan Asty bersama pemilik PT Tiga Macan bernama Steven Wang dan Rahmad Pribadi. Dalam pertemuan itu, Asty menyampaikan PT HTK yang mengelola kapal MT Griya Borneo memiliki kontrak kerja sama dengan perusahaan sayap PT Petrokimia Gresik, bernama PT Kopindo Cipta Sejahtera (PT PCS). Kerja sama itu terkait pengangkutan amoniak dengan kontrak selama 5 tahun, sejak 2013 sampai 2018.

Namun pada 2018, kontrak PT HTK diputus, setelah BUMN membentuk holding company di bidang pupuk yakni PT Pupuk Indonesia Holding Company (PT PIHC). Pengangkutan amoniak dialihkan kepada anak perusahaan PT PIHC bernama PT Pilog.

Menurut jaksa, Asty menyampaikan kepada Bowo bahwa PT HTK masih menginginkan kontrak itu berjalan. Asty meminta bantuan kepada Bowo dan disepakati. Jaksa menyebut Bowo telah membantu PT HTK sehingga Bowo mendapatkan fee.

Atas perbuatannya, Indung dianggap melanggar Pasal 12 huruf b Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Pasal 55 ayat (1) ke-1, Pasal 64 ayat 1 KUHP.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mencegahnya

Posted: 16 Oct 2019 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab mual setelah olahraga mungkin masih banyak yang belum tahu. Padahal tidak jarang orang mengalami masalah ini. Mual setelah olahraga ini tidak bisa dianggap sepele, karena akan membuat kamu tidak mendapatkan manfaat dari olahraga secara maksimal. 

Olahraga yang dilakukan dengan baik dan benar tentunya dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk tubuh dan pikiran. Namun, jika kamu tidak mengikuti aturan yang baik dan benar tersebut, maka bisa jadi olahraga yang kamu lakukan menjadi sia-sia, bahkan menyebabkan mual.

Penyebab mual setelah olahraga disebabkan oleh faktor kondisi tubuh dan olahraga yang dilakukan. Biasanya hal ini berkaitan dengan asupan makanan serta minuman. hal ini tentunya harus diperhatikan sehingga kamu bisa mencegah terjadinya mual setelah berolahraga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2019) tentang penyebab mual setelah olahraga dan cara mencegahnya

Kelebihan Makanan dan Minuman Sebelum Olahraga

Penyebab mual setelah olahraga yang pertama adalah kelebihan makanan dan minuman sebelum olahraga. Saat lambung menampung makanan dan cairan yang berlebihan sebelum olahraga, sistem pencernaan tidak mampu mencernanya dengan optimal.

Hal ini disebabkan karena pada saat tubuh melakukan aktivitas berat seperti olahraga, maka otot akan meminta lebih banyak asupan darah yang kaya oksigen. Akibatnya, tubuh pun mengutamakan asupan darah ke otot. Hal ini menyebabkan bagian lain seperti pencernaan biasanya terabaikan.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memberi waktu jeda antara makan dan memulai olahraga. Setidaknya kamu menyediakan waktu sekitar 30 menit hingga 3 jam sebelum berolahraga, setelah kamu makan.

Selain itu, hindari makanan berlemak tinggi sebelum melakukan olahraga yang intensif. Hal ini karena lemak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna dalam tubuh. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan dengan sumber protein dan karbohidrat untuk memberi bahan bakar pada tubuh.

Pastikan perut kamu tidak kosong sebelum berolahraga. Sebuah penelitian pada peserta olahraga dengan perut kosong menunjukkan hasil bahwa rasa mual akan lebih mungkin jika perut tidak mengonsumsi apapun sebelum melakukan olahraga.

Sistem Pencernaan Kekurangan Darah Kaya Oksigen

olahraga./Copyright shutterstock.com

Masih berkaitan dengan poin yang pertama, penyebab mual setelah olahraga berikutnya adalah sistem pencernaan kurang mendapatkan darah kaya oksigen. Hal ini akan sering terjadi saat kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi.

Akibatnya, darah yang diedarkan ke perut dan usus tidak terlalu banyak, karena didistribusikan ke dalam otot untuk memasok oksigen dan nutrisi.

Oleh karena itu, jika kamu sering mengalami hal seperti ini, kamu harus bisa menyeimbangkan aliran darah ke seluruh tubuh. Caranya dengan melakukan olahraga berat yang berfokus pada  satu bagian tubuh saja, sehingga bagian tubuh lainnya bisa rileks.

Kadar Gula Darah Rendah

Selain itu, kadar gula darah yang rendah atau hipoglikemia juga bisa menjadi penyebab mual setelah olahraga. Hal ini biasanya terjadi jika kamu menjalani olahraga dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama.

Hal ini tidak hanya menyebabkan mual setelah olahraga, namun juga bisa mengakibatkan gemetar, kelelahan, dan pandangan kabur saat sedang berolahraga.

Gula memang sangat dibutuhkan oleh organ-organ untuk memperkuat otot saat berolahraga. Jika kadar gula darahmu kurang dari 70 mg/dL, sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi protein dan karbohidrat untuk mengatur kadar gula darah ini.

Olahraga dengan Intensitas Tinggi

Ilustrasi olahraga (shutterstock)

Semakin keras kerja otot kamu, maka kebutuhan oksigen juga akan semakin banyak. hal ini merujuk pada penyebab mual setelah olahraga selanjutnya, yaitu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Setiap orang memiliki kemampuan tubuh yang berbeda-beda dalam melakukan berbagai jenis olahraga. Hal ini berkaitan dengan tubuh yang telah terbiasa atau belum.

Namun, walaupun kebutuhan oksigen telah tercukupi untuk digunakan selama olahraga dengan intensitas tinggi, hal ini tetap menyebabkan timbulnya rasa lelah dan terbakar pada otot-otot tubuh, karena hal tersebut dapat menghasilkan limbah metabolik seperti ion, karbon dioksida, dan asam laktat.

Umumnya, rasa mual setelah olahraga memang merupakan suatu tanda bahwa olahraga yang kamu lakukan intensitasnya terlalu tinggi dan berlebihan, sehingga tubuh tidak sanggup mengikutinya.

Cara Mencegah Mual Setelah Olahraga

Ilustrasi olahraga bersama (Shutterstock)

Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Sebelum berolahraga, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak gula atau karbohidrat. Pasalnya tubuh akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk mencernanya, sehingga timbul rasa mual.

Minum Air Putih yang Cukup

Cara ini untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi menjadi penyebab mual yang paling sering ketika berolahraga. Bahkan, dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa menyebabkan keluhan pusing, sakit kepala, keringat dingin, dan berdebar-debar setelah olahraga.

Melakukan Pemanasan

Sebelum mulai berolahraga, pastikan kamu melakukan gerakan pemanasan yang baik untuk menghindari cedera otot.

Perhatikan Gerakan

Selain itu, kamu harus memperhatikan gerakan saat berolahraga. Jangan terlalu cepat mengubah posisi, misalnya dari berdiri menjadi duduk atau berbaring. Perubahan terlalu cepat dapat menyebabkan tekanan darah turun tiba-tiba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nunung Srimulat Salat Tahajud Jelang Sidang

Posted: 16 Oct 2019 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nunung Srimulat dan July Jan Sambiran kembali menjalani sidang kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sidang ketiga ini beragendakan mendengar keterangan saksi dari terdakwa.

Sesaat setelah tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2019), Nunung Srimulat mengungkap persiapannya jelang sidang. Salah satunya, memperbanyak ibadah.

"Iya tahajud lah malam," ucap komedian berusia 56 tahun tersebut sembari berjalan ke ruang tunggu persidangan.

"Semua sudah diatur, iya kan, siapa yang mengatur? Allah, Tuhan. Jadi ya kita harus menerima, harus ikhlas, harus sabar," Nunung Srimulat menyambung pernyataan.

 

Bawa Kipas

Pelawak Tri Retno Prayudati atau Nunung Srimulat dan suaminya July Jan Sambiran menuju ruang tahanan sebelum menjalani sidang perdana di PN Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019). Nunung dan July Jan Sambiran akan mendengar pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Persiapan sidang, Nunung juga membawa kipas. Maklum, pengadilan terkadang memang terasa panas. "He he he. Kipas bawa dua, habis kadang-kadang baterainya habis," paparnya.

 

Tiga Pasal Alternatif

Nunung Srimulat (istimewa)

Nunung Srimulat dan July Jan Sambiran ditangkap di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada Juli 2019 lalu. Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan alat bukti berupa sabu seberat 0,36 gram.

Dalam sidang perdana, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Nunung dan July Jan Sambiran dengan tiga pasal alternatif. Pasal tersebut antara lain, pasal 112, 114 dan 127 tentang narkotika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Exclusive Live Streaming Shopee Liga 1 Persija Jakarta vs Semen Padang di Vidio

Posted: 16 Oct 2019 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Persija Jakarta bertemu tamunya Semen Padang pada laga lanjutan Shopee Liga 1 2019  di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pertandingan akan menandai debut pelatih baru Persija Edson Tavares.

Ahli strategi asal Brasil ini resmi menukangi Persija akhir September 2019. Tapi baru bisa melakukan debut di laga resmi saat melawan Semen Padang karena beberapa laga Persija sebelumnya terpaksa ditunda karena tak mendapat izin keamanan dari polisi.

Edson Tavares adalah pelatih ketiga yang menukangi Persija Jakarta musim ini. Sebelumnya, Ivan Kolev dan Julio Banuelos gagal membantu klub ibu kota ke tempat terbaik.

Beban berat kini beralih ke pundak Edson Tavares. Pria asal Brasil itu dituntut memberikan kemenangan untuk mencegah Persija terjebak di zona merah. Persija saat ini berada di peringkat ke-14 dengan raihan 20 poin.

Laga Persija Jakarta melawan Semen Padang akan digelar pukul 15.30 WIB. Duel seru ini akan disiarkan langsung Indosiar.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan laga Shopee Liga 1 2019 Persija Jakarta vs Semen Padang exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan susunan pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper), Dany Saputra, Fachrudin Aryanto, Xandao, Ismed Sofyan (belakang), Tony Sucipto, Rohit Chand, Joan Thomas, Ramdani Lestaluhu, Heri Susanto, Marko Simic (depan)

Pelatih: Edson Tavares (Brasil)

Semen Padang (3-4-3): Teja Paku Alam (kiper), Syaiful Anwar, Muhammad Rifqi, Dedi Gusmawan (belakang), Yoo Hyun-goo, Leo Guntara, Flavio Beck, Dedi Hartono (tengah), Vanderlei Francisco, Karl Max Barthelemy, Irsyad Maulana (depan)

Pelatih: Eduardo Almeida (Portugal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pelaku Pencurian BBM Milik Nelayan di Pacitan Ternyata Masih Pelajar

Posted: 16 Oct 2019 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Delapan pelaku pencurian bahan bakar minyak atau BBM perahu nelayan di Pantai Wawaran, Pacitan, Jawa Timur, akhirnya berhasil ditangkap polisi. Para pelaku ternyata masih berstatus pelajar. Polisi menyita sejumlah barang bukti, di antaranya jerigen dan beberapa unit motor.

Mengetahui pelaku pencurian BBM ( bahan bakar minyak ) di Pantai Wawaran, Kecamatan Kebonagung, Pacitan, tertangkap, ratusan nelayan mendatangi Kantor Polisi Sektor Kebonsari. Mereka marah, bahkan sebagian ingin menghajar para pelaku. Mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diingingkan, polisi menyiagakan anggota Sabhara di Polsek. Dan meminta warga untuk kembali ke rumah mereka masing-masing. 

Penangkapan pelaku, dilakukan Senin dini hari 14 Oktober 2019. Bermula ketika sejumlah nelayan di Pantai Wawaran, melihat 8 anak masih pelajar tengah melakukan pencurian BBM di gudang.

Akibatnya dilakukan pengejaran dan penangkapan. Enam anak berhasil ditangkap. Sementara dua lainnya kabur ke hutan. Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya jerigen dan beberapa unit motor.

Kasus ini masih dalam penanganan Unit Reskrim Polres Pacitan. Meski para tersangka masih dibawah umur, namun kasus ini akan terus diproses. Pelaku bakal dijerat dengan Pasal 363 KUHP, Tentang Pencurian, ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Berikut diberitakan Fokus, 15 Oktober 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gara-Gara Asap, Penerbangan di Jambi Terganggu

Posted: 16 Oct 2019 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabut asap kembali menyelimuti Jambi pagi ini. Akibatnya jarak pandang penerbangan menjadi terganggu, dan sejumlah pesawat batal mendarat di Jambi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Air Mineral Indonesia Kembali Tembus Pasar Singapura

Posted: 16 Oct 2019 12:26 AM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Setelah sukses menembus pasar ekspor ke beberapa negara diantaranya Filipina, Brunei Darussalam, Papua New Guinea dan lainnya, Le Minerale kembali mengembangkan pasar ke Singapura.

PT Mayora Indah Tbk, produsen minuman mineral Le Minerale menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membuktikan kualitas produk dalam negeri di ranah mancanegara. Ekspor perdana Le Minerale ke Singapura berlangsung di Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala BPOM, Penny K Lukito menuturkan jika ekspor ini membuka lembaran baru kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Singapura. "Kami optimis produk dalam negeri akan terus mengepakkan sayap dalam perdangan global," ujar dia di Surabaya, Rabu (16/10/2019).

Dia juga mengatakan bahwa mempertahankan kualitas dan keamanan produk serta terus berinovasi merupakan poin penting dalam fair competitiveness perdagangan termasuk dalam memfasilitasi konsumen yang semakin cerdas.

"Kami berharap awal kejasama Mayora Group dengan lokal partner di Singapura akan memberikan peluang besar bagi Indonesia, sehingga dapat menunjukan eksistensi dan kualitas produk Indonesia di kancah internasional," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Mayora Group, Andre Sukendra Atmadja mengatakan misi perusahaan selain melakukan ekspor juga untuk membuktikan bahwa produk dengan merek Indonesia berkelas dunia sehingga dapat mengangkat harga diri dan martabat Indonesia di mata dunia.

"Pencapaian Le Minerale kali ini, menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa mempertahankan kualitas serta memberikan produk terbaik agar dapat merambah pangsa pasar ke negara lainnya," ungkap dia.

"Mayora berharap prestasi ini dapat memberikan inspirasi dan pada akhirnya membuat kita semakin bangga sebagai Indonesia," jelas dia.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Kualitas Air

ilustrasi minum air mineral/Photo by Little Pig Studio from Shutterstock

Sejak berdiri pada tahun 2015, Le Minerale senantiasa memperhatikan kualitas produk air mineral yang dihasilkan. Dari langkah awal, Le Minerale berasal dari sumber terpilih dan mengandung mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

Proses produksinya pun tidak tersentuh oleh tangan manusia dan diakhiri dengan proses pengemasan yang dilengkapi dengan mineral protection system untuk menjaga kandungan air mineral serta membuatnya aman dari pemalsuan.

Lantas, tak mengherankan apabila Le Minerale berhasil menembus pangsa pasar Singapura yang kerap dijuluki Negeri Seribu Larangan, karena ketatnya peraturan yang diterapkan dalam negara tersebut.

Masyarakat Singapura, memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya air mineral, tuntutan aktifitas yang tinggi, membuat warga Singapura menyadari bahwa penting bagi tubuh untuk mendapatkan asupan air mineral yang rutin dan berkualitas.

Meski negara ini menyediakan air keran gratis, banyak warga yang lebih memilih air mineral dalam kemasan demi tujuan menjaga kesehatan.

Sebagai wujud komitmen Mayora Bangga Senagai Indonesia, pencapaian Le Minerale masuk ke negara tetangga ini, tidak lepas dari mutu produk Le Minerale yang dapat dinikmati tidak hanya oleh masyarakat Singapura tetapi juga para pendatang dan tourist di Singapura.

Kerjasama ekspor Le Minerale ke negara Singapura kali ini, diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian negara. Pencapaian Le Minerale juga membuktikan bahwa produk asal Indonesia memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing secara internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marquez Anggap MotoGP 2020 Start di Jepang

Posted: 16 Oct 2019 12:25 AM PDT

Buriram - Setelah mengunci gelar juara MotoGP 2019, pembalap Repsol Honda Marc Marquez bakal membagi fokusnya untuk persiapan awal menuju MotoGP 2020.

Marquez telah menyegel gelar juara dunia pada MotoGP Thailand, dengan empat balapan yang tersisa.

Bagi Marquez, MotoGP musim 2020 akan dimulai pada MotoGP Jepang tahun ini. The Baby Alien tak mau berleha-leha setelah meraih juara. Menurut Marquez, MotoGP Jepang adalah momentum untuk musim depan.

"Ambisi dan mental kami tetap sama," kata Marquez seperti dikutip dari Crash.

"Kami tidak pernah menyerah. Sekarang kami akan merayakannya, tetapi awal tahun 2020 adalah di Motegi," tegasnya.

Marquez juga memiliki kesempatan untuk mencatat rekor baru di MotoGP sebagai pembalap yang paling dominan. Sebelumnya, ia tampil paling dominan pada tahun 2014 dengan memenangkan 13 balapan hingga akhir musim dan mengumpulkan 362 poin.

Pembalap berusia 26 tahun saat ini memiliki 325 poin dengan sembilan kemenangan. Marc Marquez memastikan masih akan menunjukkan performa terbaiknya pada sisa seri MotoGP 2019.

 

Masih Kompetitif

Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2019. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

MotoGP 2019 masih menyisakan empat seri, yaitu Jepang, Australia, Malaysia dan Valencia. Marc Marquez memastikan masih akan kompetitif dan berusaha meraih poin terbaik pada musim ini.

"Saya tak akan mengendurkan semangat saya di trek ketika balapan. Walaupun sudah mengamankan gelar juara, saya pasti akan tetap berusaha yang terbaik dalam balapan, itu adalah sikap yang sportif," ujar Marquez.

"Saya harus menjaga mentalitas saya agar tidak menunjukkan penurunan performa. Tetapi selalu ada sisi positif dan negatif dari sebuah keputusan."

"Saya selalu mengatakan kalau tim memang punya aturan dan saya harus bisa mengontrol diri. Namun, keinginan saya untuk tetap diingat pada masa mendatang lebih besar," tegasnya.

Sumber: Crash

Disadur dari Bola.com (Wiwig Prayugi / Aning Jati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lagi Diatur MUI, Semua Makanan dan Minuman Wajib Bersertifikasi Halal

Posted: 16 Oct 2019 12:22 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan layanan sertifikasi halal akan mulai berlaku 17 Oktober 2019. Nantinya secara perlahan, semua produk, baik makanan, barang maupun jasa harus bersertifikasi halal.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso mengatakan, kewajiban bersertifikat halal akan diberlakukan secara bertahap, baik untuk produk maupun jasa.

"17 Oktober 2019 memang masa di mana kewajiban bersertifikat halal diberlakukan untuk semua produk baik berupa barang maupun jasa. Namun Undang-Undang 33 tahun 2014 menyebutkan pemberlakuan itu dilakukan secara bertahap," ucap Sukoso, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag) www.kemenag.go.id, Rabu (16/10/2019).

Dia menjelaskan, klausul tersebut kemudian dipertegas di Peraturan Pemerintah atau PP 31 tahun 2019 bahwa penahapan sertifikasi halal dimulai dari produk makanan dan minuman. Sedangkan tahap selanjutnya untuk produk selain makanan dan minuman.

Sejumlah persiapan pun terus dilakukan BPJH, salah satunya adalah finalisasi Peraturan Menteri Agama (PMA) yang saat ini tengah diharmonisasi dengan kementerian dan instansi terkait.

Staf Ahli Menteri Agama bidang Hukum Janedjri M Gaffar menjelaskan sejumlah alasan sertifikasi halal diberlakukan bertahap.

"Pertama, sudah ada produk yang bersertifikat halal, sebelum diberlakukannya UU 33 tahun 2014. Kesiapan pelaku usaha dan infrastruktur pelaksanaan JPH juga menjadi pertimbangan dalam penahapan produk berkewajiban halal ini. Selain produk itu merupakan kebutuhan primer dan dikonsumsi secara massif," papar Janedjri.

Selain itu, kata dia, masa tenggang yang diberikan kepada produk makanan minuman halal itu sampai lima tahun, yakni 17 Oktober 2024.

 

Barang dan Jasa Setelah Makanan dan Minuman

Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Janedjri menjelaskan, adapun penahapan bagi produk selain makanan minuman akan diberlakukan mulai 17 Oktober 2021 atau dua tahun setelahnya.

Menurut dia, penetapan itu semacam diskresi setelah mempertimbangkan teks, konteks, dan original konteks hukum. Di samping hasil pembicaraan dengan MUI yang berpengalaman dalam menyelenggarakan sertifikasi halal.

"Iya. Itu semacam diskresi. Dan itu dibenarkan dari logika dan tafsir hukum. Toh masih ada klausul bahwa meski berlaku kewajiban bersertifikat halal, produk yang tak bersertifikat halal masih diijinkan beredar dan diperdagangkan. Jadi tak perlu kuatir," tegasnya.

Janedjri mengaku pengaturan penahapan itu sudah dituangkan sangat detil pada Rancangan PMA yang kini tinggal harmonisasi dengan instansi terkait.

Justru, kata dia, yang menjadi konsen BPJPH adalah bagaimana masa mulai kewajiban bersertifikat halal itu tidak disalahpahami oleh pihak-pihak tertentu.

"Ada kekhawatiran beberapa pelaku usaha akan terjadi sweeping saat pemberlakuan kewajiban bersertifikat halal itu dimulai. Makanya, kami mengundang pihak Polri dan kementerian lain agar bisa antisipasi jika ada kejadian di masyarakat atau salahpaham selama masa penahapan itu berlaku. Di sinilah pentingnya sosialisasi secara massif dengan semua kanal media," pungkas Janedjri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perjuangan Petugas Bersihkan Sampah Sungai Cikeas di Bekasi

Posted: 16 Oct 2019 12:21 AM PDT

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas di kawasan Bendung Koja Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Pembersihan sekitar 1.200 meter kubik sampah bambu tersebut diperkirakan menghabiskan waktu dua minggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Para Relawan Ini Pakai Elang untuk Pantau Iklim di Tiga Negara

Posted: 16 Oct 2019 12:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika diamati, belakangan ini iklim di bumi sedang tidak menentu. Seperti yang harusnya sudah memasuki musim hujan, justru musim panas masih terlihat panjang. Perubahan iklim dan cuaca berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat.

Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mengubah sistem iklim dan cuaca yang mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia. Seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem wilayah pesisir.

Keadaan yang tak menentu ini juga menyulitkan beberapa pihak untuk menentukan perubahan cuaca yang akan datang. Hal ini lah yang mendorong banyak relawan berlomba-lomba mencari solusi untuk dapat memantau iklim di bumi ini yang kian tak menentu.

Para relawan dari Eagle Wings Foundation diketahui telah memiliki cara yang unik untuk dapat memantau perubahan iklim. Seperti namanya, Eagle Wings Foundation menggunakan elang untuk membantu memantau iklim di 3 negara, seperti yang Liputan6.com lansir dari Reuters, Rabu (16/10/2019).

Menggunakan Elang untuk Memantau Iklim

Eagle Wings Foundation (sumber: reuters)

Eagle Wings Foundation menggunakan elang jenis elang putih untuk membantu memantau iklim di Swiss, Prancis, dan Austria. Elang pintar tersebut diberi nama Victor. Victor adalah elang ekor putih berusia sembilan tahun.

Victor sendiri sudah dianggap sebagai relawan dalam sebuah misi untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim di Pegunungan Alpen. Untuk memantau perubahan iklim, Victor dibekali dengan kamera 360 derajat yang dipasang di punggungnya.

Victor akan diterbangkan di atas Mont Blanc dan akan memantau cuaca di tiga negara selama lima hari. Elang dengan lebar sayap 2.10 meter ini merupakan bagian dari proyek Alpine Eagle Race.

Menyadarkan Dunia

Eagle Wings Foundation (sumber: reuters)

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pada mencairnya gletser karena efek pemanasan global dan perubahan iklim di dunia. Gambar yang ditampilkan dari hasil pengambilan gambar memperlihatkan bagaimana glatser yang sekarang mulai mencair karena pemanasan global.

The Eagle Wings Foundation berharap, gambar yang diambil Victor dapat membantu dunia keluar dari sikap apatis pada perubahan iklim, dan menjadi gambaran pentingnya melindungi habitat asli para hewan dan lingkungan mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Behind The Scene Cinta Anak Muda

Posted: 16 Oct 2019 12:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cinta Anak Muda adalah sinetron Indonesia yang diproduksi SinemArt. Sinetron ini perdana tayang pada Senin, 5 Agustus 2019 pukul 18.30 WIB di SCTV.

Kali ini salah satu pemain Cinta Anak Muda yaitu, Riza Syah atau yang dikenal sebagai Jacky di sinetron ini menceritakan bagaimana cara membangun chemistry dalam sinetron Cinta Anak Muda.

Riza Syah juga mengungkap bahwa dirinya dan Verrell Bramasta sering bercanda dilokasi syuting.

Ingin tahu kelanjutan behind the scene Cinta Anak Muda? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Persilakan Jokowi Gunakan Konsep Ekonomi Gerindra

Posted: 16 Oct 2019 12:18 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rapimnas Partai Gerindra yang digelar di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berlangsung tertutup, Rabu (16/10/2019). Rencananya, Rapimnas akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.

Turut hadir kader-kader Partai Gerindra lainnya, termasuk Sandiaga Uno, Fadli Zon, Rahmawati Soekarnoputri, Ahmad Muzani, Sufmi Dasco Ahmad, Andre Rosiade, Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, hingga Riza Patria. Selain itu, turut hadir akademisi Rocky Gerung.

Beberapa saat setelah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan sambutan dan membuka Rapimnas secara resmi, juru kamera dan juru foto dari awak media diminta untuk masuk mengambil gambar ke ruangan Rapimnas.

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menerangkan, dalam Rapimnas ada tiga poin sikap politik yang disampaikan langsung oleh Prabowo kepada ribuan kader Gerinda yang hadir di Rapimnas ini.

Poin pertama, Prabowo menyerahkan konsepsi terkait dorongan pembangunan ekonomi Indonesia dengan semangat ketahanan pangan, energi, pertahanan dan keamanan yang kuat.

Kedua, Prabowo maupun Gerindra mempersilahkan pemerintahan Jokowi menggunakan konsepsi tersebut.

Ketiga, mantan Capres 2019 ini memutuskan untuk tetap menjaga kerukunan dan bernegara, silaturahmi, berkomunikasi untuk musyawarah mufakat bagi kepentingan bangsa dan negara.

"Jadi Pak Prabowo tadi menyampaikan tiga sikap itu sebagai sikap politik beliau. Bila konsepsi itu ingin digunakan oleh Pak Jokowi, Pak Prabowo mempersilahkan bersamaan dengan Prabowo/Gerindra. Namun bila tidak, kami akan tetap bekerjasama untuk kepentingan NKRI," ujar Dahnil kepada wartawan.

Menurutnya, Prabowo memahami pentingnya komunikasi politik secara terus menerus setelah kontestasi pilpres 2019, demi menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara.

"Jadi poinnya Pak Prabowo berbicara hal yang kualitatif yaitu konsepsi. Beliau menyodorkan konsepsi tiga hal yang disebutkan tadi," kata dia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Bukan Minta Jatah Menteri

Dahnil membantah jika tiga konsepsi tersebut sebagai tawaran Gerinda kepada Presiden Jokowi untuk memberikan jatah kursi menteri di pemerintahan.

"Tidak, jadi tidak ada tawaran itu. Sampai detik ini tidak ada pembicaraan tawaran kursi menteri, tapi bicara ke hal-hal kualitatif," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Jepang: Balapan Akhir Pekan Ini

Posted: 16 Oct 2019 12:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Marc Marquez menjadi juara MotoGP 2019 lebih dini. Poin rider Repsol Honda itu sudah tak terkejar lagi oleh para pesaingnya.

Padahal MotoGP 2019 baru memasuki seri ke-15. Namun poin Marquez yang mencapai 325 poin sudah terlalu jauh untuk dikejar.

Posisi kedua klasemen MotoGP sendiri dipegang oleh Andrea Dovizioso. Pembalap Ducati itu telah mengumpulkan 215 poin.

MotoGP seri selanjutnya akan digelar di Jepang, tepatnya di Sirkuit Motegi. Seluruh pembalap akan menunjukkan kemampuannya pada 20 Oktober mendatang.

Berikut jadwal MotoGP Jepang selengkapnya:

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jadwal MotoGP

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, semakin kukuh di puncak klasemen sementara setelah menjuarai MotoGP Prancis 2019. (AFP/Jean-Francois Monier)

Jadwal MotoGP Jepang

Jumat, 18 Oktober 2019

07.00 WIB FP1

11.15 WIB FP2

Sabtu, 19 Oktober 2019

07.00 WIB FP3

10.35 WIB Kualifikasi

Minggu, 20 Oktober 2019

10.00 WIB Balapan

Klasemen MotoGP

Klasemen MotoGP 2019

1. Marc Marquez (Repsol Honda) - 325 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati Team) - 215 poin

3. Alex Rins (Suzuki Ecstar) - 167 poin

4. Maverick Vinales (Monster Yamaha) - 163 poin

5. Danilo Petrucci (Ducati Team) - 162 poin

6. Valentino Rossi (Monster Yamaha) - 145 poin

7. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) - 143 poin

8. Jack Miller (Pramac Ducati) - 119 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) - 102 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) - 90 poin

11. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) - 80 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) - 74 poin

13. Joan Mir (Suzuki Ecstar) - 58 poin

14. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) - 46 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) - 34 poin

16. Andrea Iannone (Factory Aprilia Gresini) - 33 poin

17. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) - 29 poin

18. Johann Zarco (Red Bull KTM Factory) - 27 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) - 23 poin

20. Tito Rabat (Reale Avintia Ducati) - 18 poin

21. Stefan Bradl (Repsol Honda) - 16 poin

22. Michele Pirro (Ducati Team) - 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki Ecstar) - 7 poin

24. Hafizh Syahrin (Red Bull KTM Tech3) - 7 poin

25. Karel Abraham (Reale Avintia Ducati) - 5 poin

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan PKS Belum Bertemu Presiden Jokowi

Posted: 16 Oct 2019 12:14 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi telah mengundang sejumlah pimpinan partai oposisi di Pilpres 2019. Mereka adalah Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka Jakarta. Namun, waktunya tidak bersamaan. Dari empat partai oposisi, hingga kini Jokowi belum bertemu Ketua Umum PKS Muhammad Sohibul Iman.

Politikus senior PKS, Hidayat Nur Wahid, mengungkap alasan PKS belum ingin bertemu dengan Jokowi.

"Timingnya harus dipertimbangkan," kata Hidayat di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Bila Jokowi mengundang ke Istana, PKS tak menolak. Namun, partai berlambang sabit kembar itu akan mencari waktu yang tepat. PKS tak ingin pertemuan dilakukan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

"Nanti jangan sampai kesannya ada pertemuan, kemudian artinya mau koalisi, mau gabung, minta menteri. Ribet lagi nanti jadinya," ucap dia.

 

Setelah Penentuan Menteri

Presiden PKS, Sohibul Iman memberikan keterangan pers saat deklarasi capres cawapres Prabowo - Sandiaga di Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8). Koalisi Gerindra, PAN dan PKS membawa Prabowo-Sandiaga ke Pilpres 2019. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

PKS, sambung Hidayat, telah berkomitmen akan mengawal kinerja pemerintah dari luar Kabinet Kerja. PKS juga memberikan ruang sebesar-besarnya kepada partai yang telah memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin untuk mengisi kursi Kabinet Kerja Jilid II.

"Sekali lagi, kami menghormati rasionalisasi dasar pemilu, yang menang silakan memimpin. Rasionalnya kan begitu. Kalau yang belum menang ya rasionalnya kami berada di luar. PKS melakukan semacam itu," ujar dia.

Wakil Ketua MPR ini memastikan, PKS akan bertemu Jokowi. Itu dilakukan setelah kegaduhan penentuan kursi menteri Kabinet Kerja Jilid II berakhir.

"Ya setelah kemudian tidak ada kegaduhan terkait masalah minta jabatan menteri, koalisi, dan lain sebagainya," tutup Hidayat.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kawat Berduri Hingga Kendaraan Taktis Disiapkan di DPR

Posted: 16 Oct 2019 12:13 AM PDT

Pengendara motor melintas dekat tameng-tameng petugas kepolisian yang diletakkan di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara motor melintas dekat tameng-tameng petugas kepolisian yang diletakkan di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kendaraan taktis terlihat disiagakan di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kendaraan taktis terlihat disiagakan di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengemudi ojek online terlihat di dekat kawat berduri yang akan dipasang di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengemudi ojek online terlihat di dekat kawat berduri yang akan dipasang di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tumpukan kawat berduri yang akan dipasang di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tumpukan kawat berduri yang akan dipasang di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tumpukan kawat berduri yang akan dipasang di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tumpukan kawat berduri yang akan dipasang di sekitar kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Penjagaan Komplek Parlemen diperketat untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peluang Coutinho Kembali ke Premier League Masih Terbuka

Posted: 16 Oct 2019 12:10 AM PDT

Munchen - Philippe Coutinho masih berpeluang kembali ke Premier League musim depan. Sebab, Bayern Munchen diragukan bakal menebus pemain asal Brasil itu dari Barcelona.

Coutinho bergabung ke Bayern Munchen dengan status pinjaman dari Barcelona. Bayern Munchen berpeluang menebus kepemilikan Coutinho jika bersedia membayar 120 juta euro.

Namun, jumlah tersebut dinilai terlalu tinggi. Harga Coutinho diprediksi tidak akan mencapai angka tersebut pada musim panas mendatang.

Di Bayern Munchen, Coutinho menunjukkan performa yang positif. Ia berhasil membuktikan kalau kariernya belum habis setelah ditebus Barcelona dari Liverpool pada Januari 2018.

Sebelumnya, Coutinho dinilai pembelian gagal di Barcelona. Padahal ia ditebus dengan harga 145 juta euro dan menjadi satu di antara pemain termahal di dunia.

Harga 120 juta euro dinilai akan memberatkan Bayern Munchen, sedangkan Barcelona tak berencana untuk mempertahankannya. Situasi itu membuat Philippe Coutinho berpeluang untuk memilih kembali ke Inggris.

Rebutan Klub Inggris

Pemain Bayern Munchen, Philippe Coutinho. (AP/Matthias Schrader)

Philippe Coutinho masih memiliki daya tarik untuk klub-klub asal Inggris. Pada musim panas 2019, Manchester United, Tottenham Hotsur dan Arsenal mengincar jasa Coutinho.

Namun, tenggat transfer Premier League yang lebih cepat membuat transfer tidak terealisasi. Jika Coutinho memutuskan kembali ke Premier League pada musim mendatang, Manchester United dan Tottenham Hotspur dikabarkan masih berminat.

Selain itu, Liverpool juga disinyalir untuk menampung mantan bintangnya kembali.

Sumber: Mirror

Disadur dari Bola.com (Aditya Wicaksono / Benediktus Gerendo Pradigdo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Jadul Rossa, Penyanyi Bersuara Merdu yang Cantik Sedari Muda

Posted: 16 Oct 2019 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada 9 Oktober 2019 lalu, Rossa pelantun lagu tegar ini telah genap berusia 41 tahun. Sosok Rossa yang kerap kali digosipkan dekat dengan penyanyi Afgan ini mendapat kejutan yang meriah dari teman dan sahabatnya dalam momen pertambahan usianya tersebut. 

Setelah momen perayaan ulang tahunnya tersebut, Rossa mengunggah di akun Instagramnya foto jadulnya saat masih muda dulu. Rossa mengunggah foto saat ia duduk di bangku SMA yang mendapat perhatian dari netizen.

Sebelumnya Rossa kerap mengunggah foto jadul dirinya mulai dari kecil hingga masa-masa muda dirinya. Berikut Liputan6.com rangkum dari akun instagramnya, 6 potret jadul Rossa, yang sudah cantik sedari muda, Rabu (16/10/2019).

1. Sosok Rossa terlahir dengan nama Sri Rossa Roslaina Handiyani.

Potret Jadul Rossa, Sudah Cantik Sedari Muda (sumber:Instagram/itsrossa910)

2. Perempuan kelahiran Sumedang sudah berumur 41 tahun.

Potret Jadul Rossa, Sudah Cantik Sedari Muda (sumber:Instagram/@pr_karawang)

3. Pelantun lagu tegar ini lahir pada 9 Oktober 1978.

Potret Jadul Rossa, Sudah Cantik Sedari Muda (sumber:Instagram/itsrossa910)

4. Sosok Rossa sudah terlihat terlihat sangat cantik sewaktu mudanya.

Potret Jadul Rossa, Sudah Cantik Sedari Muda (sumber:Instagram/itsrossa910)

5. Transformasi penyanyi bertubuh mungil hingga menjadi salah satu diva Tanah Air.

Potret Jadul Rossa, Sudah Cantik Sedari Muda (sumber:Instagram/eviisilviyah)

6. Potret cantik Rossa pada tahun 1999 saat ia berumur 20 tahun.

Potret Jadul Rossa, Sudah Cantik Sedari Muda (sumber:Instagram/itsrossa910)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Twit Kocak Soal Mantan Jahanam, Bikin Kesal Sekaligus Ngenes

Posted: 16 Oct 2019 12:07 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara tentu tak selamanya bisa berjalan lancar. Ada banyak pasangan yang menghadapi berbagai masalah dalam hubungannya. Ada yang bisa menghadapinya dengan baik, namun ada pula yang akhirnya harus berpisah.

Terkadang meski telah berpisah, banyak yang masih merasa tersakiti oleh mantan kekasih. Pasalnya tak semua pasangan yang putus mengakhiri hubungannya dengan baik-baik.

Baru-baru ini tagar #MantanJahanam menjadi trending topic di lini masa Twitter. Banyak warganet yang mencurahkan isi hatinya tentang pengalaman tak mengenakan yang dilakukan oleh sang mantan.

Baik pria maupun wanita, menuliskan kenangannya ketika disakiti sang mantan. Dikutip dari berbagai akun Twitter, berikut curhatannya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

1. Sabar ya, namanya juga cowok

foto: @yulias37

2. Kalau ini mungkin memang sudah takdir

foto: @sherlyasaputri

3. Sakit tapi enggak berdarah

foto: @ayomakanmie

4. Semoga bisa cepat move on ya

foto: Twitter/@yuukina_kimmi

5. Doain aja semoga langgeng

foto: @tressaoktvn

6. Ikutan kesal ya bacanya

foto: @dwialprr

7. Benar-benar jahanam nih

foto: @vgkhn_

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Wali Kota Medan Dzulmi Eldin Tiba di KPK

Posted: 16 Oct 2019 12:07 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Medan Dzulmi Eldin tiba di Gedung KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Rabu siang, pukul 12.00 WIB. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (16/10/2019), hal ini merupakan tindak lanjut dari operasi tangkap tangan (OTT) kasus korupsi di lingkungan dinas Medan oleh KPK.

Dari tujuh orang yang ditangkap di Medan, hanya Eldin yang dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan di KPK.

Selasa malam, KPK menangkap tujuh orang di Medan berikut barang bukti berupa uang tunai Rp 200 juta.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UUD 1945 Akan Diamandemen, Bamsoet Tegaskan Presiden Tetap Dipilih Rakyat

Posted: 16 Oct 2019 12:06 AM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo memastikan bahwa amandemen UUD 1945 tak akan mengubah mekanisme pemilihan presiden dan wakil presiden seperti yang ada saat ini. Pria yang karib disapa Bamsoet ini menegaskan, presiden akan tetap dipilih oleh rakyat.

"Tidak ada, saya tegaskan tidak ada. Ini tidak terkait dengan perubahan sistem politik," ujar Bamsoet di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Dia mengatakan hal ini di depan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan pimpinan MPR lainnya. Selain membahas soal pelantikan presiden, pertemuan Jokowi dan pimpinan MPR juga menyinggung soal wacana amandemen 1945.

"Presiden tetap dipilih rakyat, Presiden bukan lagi mandataris negara, presiden tidak bertanggung jawab pada MPR. Itu tetap," jelasnya.

Dia juga menjamin usulan amendemen UUD 1945 tidak akan menjadi bola liar. Politisi Golkar itu mengaku akan berkonsultasi dengan Jokowi perihal rencana amendemen ini.

"Kami akan cermat betul menampung aspirasi sebagaimana disampaikan Bapak Presiden, di tengah-tengah masyarakat," kata Bamsoet.

Perlu Menampung Aspirasi

Sementara itu, Jokowi meminta MPR menampung aspirasi masyarakat, para tokoh, dan akademisi dalam rencana amendemen UUD 1945. Dia menilai perlu dilakukan kajian mendalam untuk mengubah konstitusi negara tersebut.

"Yang penting usulan-usulan harus ditampung, masukan ditampung sehingga bisa dirumuskan," ucap Jokowi di kesempatan yang sama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya OOTD Vivian Tania Finalis Miss Indonesia 2017, Kece dan Modis

Posted: 16 Oct 2019 12:05 AM PDT

Vivian hanya bisa menikmati dunia modelling saat SMP dalam tempo waktu yang singkat. Ia kemudian harus fokus pada ujian sekolah.(Liputan6.com/IG/@viviantaniaa)

Vivian hanya bisa menikmati dunia modelling saat SMP dalam tempo waktu yang singkat. Ia kemudian harus fokus pada ujian sekolah.(Liputan6.com/IG/@viviantaniaa)

Vivian menekuni dunia modelling dan fashion show kembali pada saat memasuki kelas 2 SMA. Saat itu, ia mengikuti kontes Red-A Deteksi Model Competition 2014. Usaha Vivian membuahkan hasil, nama Vivian berhasil masuk dalam 50 besar. (Liputan6.com/IG/@viviantaniaa)

Vivian menekuni dunia modelling dan fashion show kembali pada saat memasuki kelas 2 SMA. Saat itu, ia mengikuti kontes Red-A Deteksi Model Competition 2014. Usaha Vivian membuahkan hasil, nama Vivian berhasil masuk dalam 50 besar. (Liputan6.com/IG/@viviantaniaa)

Meski masih berusia 21 tahun, Vivian sudah cukup berpengalaman di dunia modeling. Sederet prestasi sudah pernah ia raih. Seperti Most Photogenic Fimela Girl Model Hunt 2016, Top 20 Miss Celebrity 2016 dan masih banyak lagi. (Liputan6.com/IG/@viviantaniaa)

Meski masih berusia 21 tahun, Vivian sudah cukup berpengalaman di dunia modeling. Sederet prestasi sudah pernah ia raih. Seperti Most Photogenic Fimela Girl Model Hunt 2016, Top 20 Miss Celebrity 2016 dan masih banyak lagi. (Liputan6.com/IG/@viviantaniaa)

Vivian merupakan anak bungsu dari 2 bersaudara. Tak hanya itu, dara cantik asal Surabaya ini juga jago menari tarian tradisional dan modern dance. (Liputan6.com/IG/@viviantaniaa)

Vivian merupakan anak bungsu dari 2 bersaudara. Tak hanya itu, dara cantik asal Surabaya ini juga jago menari tarian tradisional dan modern dance. (Liputan6.com/IG/@viviantaniaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rentetan Kepala Daerah yang Ditangkap KPK karena Minta Setoran

Posted: 16 Oct 2019 12:05 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang diberlakukannya Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi atau UU KPK hasil revisi, saat ini lembaga antirasuah itu gencar melakukan Operasi Tangkap Tangan atau OTT.

Dua hari jelang UU KPK diberlakukan, tim penindakan lembaga antirasuah mengamankan Wali Kota Medan Dzulmi Aldin. Dzulmi merupakan pejabat ke-21 yang terjaring OTT KPK sepanjang 2019.

Sebelumnya, KPK juga menangkap Bupati Indramayu Supendi. Supendi sudah dijerat sebagai tersangka suap dan gratifikasi.

Dalam OTT Dzulmi, lembaga antirasuah turut mengamankan uang Rp 200 juta. Uang itu diduga merupakan hasil setoran dari dinas-dinas.

Rupanya, tak hanya Dzulmi. Ada kepala daerah lain yang justru menyalahgunakan jabatannya untuk mencari uang di luar pekerjaannya.

Misalnya, Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Atut didakwa telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai Gubernur Banten untuk meminta sejumlah uang kepada beberapa pihak.

Berikut kepala daerah yang ditangkap KPK karena diduga menyalahgunakan jabatannya untuk mendapatkan uang lebih dihimpun Liputan6.com:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Ratu Atut Chosiyah

Ekspresi Ratu Atut Chosiyah saat mengikuti sidang lanjutan kasus korupsi pengadaan alat kesehatan Rumah Sakit di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (12/4). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Dalam dakwaannya, Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dinilai telah merugikan negara sebesar Rp 79.789 miliar dan memperkaya sang adik, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan sebesar Rp 50 miliar.

Selain itu, Atut juga didakwa telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai Gubernur Banten untuk meminta sejumlah uang kepada beberapa pihak.

Uang tersebut diminta Atut sebagai komitmen loyalitas bagi mereka yang ingin menjadi Kepala Dinas di salah satu SKPD di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rony Yusuf mengatakan, setidaknya ada empat orang yang memberikan sejumlah uang ke Ratu Atut demi mendapatkan jabatan Kepala Dinas (Kadis). Uang tersebut berkisar antara Rp 100-150 juta.

"Djadja Buddy Suhardja sebesar Rp 100 juta, Iing Suwargi sebesar Rp 125 juta, Sutadi sebesar Rp 125 juta dan Hudaya Latuconsina Rp 150 juta. Sehingga seluruhnya sebesar Rp 500 juta," ujar JPU Rony saat membacakan surat dakwaan Atut, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu, 8 Maret 2017.

Setelah uang itu diterima Atut, empat orang tersebut langsung diangkat menjadi Kadis Pemprov Banten. Djadja Buddy Suhardja diangkat sebagai Kadis Kesehatan Pemprov Banten pada Februari 2006.

Hudaya Latuconsina dilantik sebagai Kadis Perindustrian dan Perdagangan pada 2008, selanjutnya dilantik sebagai Kadis Pendidikan pada Januari 2012.

Iing Suwargi dilantik sebagai Kadis Sumber Daya Air dan Pemukiman pada Januari 2012. Sutadi dilantik sebagai Kadis Bina Marga dan Tata Ruang pada Agustus 2008.

Atas perbuatannya ini, Ratu Atut dijerat dengan pasal 12 huruf e atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 31 tahun 2001.

 

Gubenur Nonaktif Jambi Zumi Zola

Gubernur nonaktif Jambi, Zumi Zola saat menjalani sidang lanjutan dugaan gratifikasi dan suap di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (17/9). Sidang menghadirkan 8 orang saksi dari unsur PNS dan DPRD Jambi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gubenur nonaktif Jambi Zumi Zola, dituntut 8 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum KPK. Zumi dinilai terbukti menerima gratifikasi dan memberi suap kepada DPRD Provinsi Jambi untuk pertanggungjawaban APBD 2017 serta pengesahan APBD 2018.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Zumi Zola Zulkifli berupa pidana penjara selama 8 tahun dan pidana denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan," ucap jaksa Iskandar Marwanto saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis, 8 November 2018.

Jaksa merinci penerimaan gratifikasi yang diperoleh Zumi Zola dari sejumlah rekanan swasta yang kerap mengerjakan proyek-proyek di lingkup Provinsi Jambi.

Uang gratifikasi tidak diterima secara langsung oleh mantan aktor tersebut, melainkan melalui dua orang dekatnya, yakni Asrul Pandapotan Sihotang dan Apif Firmansyah.

Sejak dilantik menjadi Gubernur Jambi pada 12 Februari 2016, Zumi Zola langsung memerintahkan dua anak buahnya tersebut mencari uang ke beberapa rekanan proyek untuk melunasi utang-utangnya selama masa kampanye.

"Meminta Apif Firmansyah melunasi utang-utang terdakwa selama kampanye," ujar Iskandar.

Jaksa menyebut total penerimaan gratifikasi oleh Zumi sejak Februari 2016 hingga November 2017 sebesar Rp 37.477.000.000, USD 183.300, SGD 100.000, dan 1 unit Toyota Alphard.

Ia juga dituntut telah melakukan tindak pidana memberi suap kepada DPRD Provinsi Jambi untuk pembahasan APBD dua tahun anggaran 2017 dan 2018.

Total pemberian suap untuk dua tahun anggaran tersebut sebesar Rp 16 miliar dengan rincian tahun anggaran 2017 Zumi Zola melalui anak buahnya, yakni Kabid Bina Marga Provinsi Jambi, Arfan memberi suap sebesar Rp 12.940.000.000 sementara tahun anggaran 2018 ia memberi suap Rp 3.400.000.000. Uang suap tersebut disebut sebagai uang ketok palu.

 

Mantan Bupati Bekasi Neneng

Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin dituntut hukuman 7,5 tahun penjara oleh jaksa KPK atas kasus suap perizinan proyek Meikarta. (Huyogo Simbolon)

KPKmenetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yason sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi.

Jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa Bupati Neneng dan kawan-kawan dengan total suap yang diterima sejumlah Rp16,1 miliar dan SGD 270 ribu.

"Para terdakwa memberikan kemudahan dalam pengurusan Izin Mendirikan Bangunan atau IMB kepada PT Lippo Cikarang melalui PT Mahkota Sentosa Utama yang mengurus perizinan pembangunan proyek Meikarta," ujar jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu, 27 Februari 2019.

Mereka yang duduk di kursi terdakwa yakni Bupati Neneng, Jamaludin sebagai Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Dewi Tisnawati sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Pemkab Bekasi, Sahat Maju Banjarnahor sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi dan Neneng Rahmi Nurlaili sebagai Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi.

Masing-masing terdakwa menerima suap untuk kepentingan berbeda meski secara umumnya terkait perizinan proyek Meikarta. Begitu juga dengan besaran uang yang diterima berbeda-beda.

"(Pemberian suap) agar terdakwa Neneng Hasanah Yasin menandatangani IPPT (Izin Peruntukan Penggunaan Tanah) pembangunan Meikarta sebagai salah satu syarat untuk penerbitan IMB tanpa melalui prosedur yang berlaku," ucap jaksa.

"Para terdakwa telah menerima uang seluruhnya sejumlah Rp 16.182.020.000 dan SGD 270 ribu dengan rincian," lanjut jaksa.

Dalam dakwaan, para terdakwa menerima uang sebagai berikut. Neneng Hasanah Yasin menerima Rp 10.830.000.000 dan SGD 90 ribu, Jamaludin Rp 1,2 miliar, Dewi Tisnawati Rp 1 miliar dan SGD 90 ribu, Sahat Maju Banjarnahor Rp 952.020.000 dan Neneng Rahmi Nurlaili menerima Rp700 juta.

Neneng Hasanah beserta empat anak buahnya didakwa melanggar Pasal 12 huruf a dan/atau Pasal 12 huruf b dan/atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Selain kelima terdakwa, jaksa KPK juga menyebut adanya aliran uang ke sejumlah orang lainnya yang belum berstatus sebagai tersangka. Salah satu pemberian disebut mengalir pula untuk Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa.

 

Mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra

Tersangka Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi Sastra kenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (26/10). Sunjaya diduga menerima suap yang tersimpan atas nama orang lain senilai Rp6,42 miliar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

KPKmenetapkan mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra (SUN) tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). Penetapan terhadap Sunjaya ini merupakan pengembangan perkara kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kabupaten Cirebon.

"Sehingga KPK meningkatkan status perkara Tindak Pidana Pencucian Uang ke penyidikan dan menetapkan SUN Bupati Cirebon periode 2014 - 2019sebagai tersangka," ujar Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 4 Oktober 2019.

Syarif mengatakan, selama menjabat Bupati Cirebon, Sunjaya diduga menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya sebesar Rp 41,1 miliar.

Uang tersebut terkait pengadaan barang/jasa dari pengusaha sekitar Rp 31,5 miliar, terkait mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Mojokerto dari Aparatur Sipil Negara sekitar Rp 3,09 miliar.

Kemudian setoran dari Kepala SKPD/OPD sekitar Rp 5,9 miliar, serta terkait perizinan galian dari pihak yang mengajukan izin lainnya Rp 500 juta.

Selain itu, Sunjaya juga diduga menerima hadiah atau janji terkait perizinan PLTU 2 di Kabupaten Cirebon sebesar Rp 6,04 miliar dan perizinan properti di Cirebon sebesar Rp 4 Miliar.

"Sehingga, total penerimaan tersangka SUN dalam perkara ini adalah sebesar sekitar Rp 51 Miliar," kata Laode Syarif.

Atas perbuatan tersebut, Sunjaya disangkakan melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

 

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin

Ilustrasi (Istimewa)

KPK melakukan operasi tangkap tangan di Medan, Sumatera Utara. Penyidik diduga meringkus sejumlah orang dalam operasi tersebut.

Selain itu, KPK mengamankan uang ratusan juta rupiah. KPK menyebut, penangkapan terhadap mereka diduga berkaitan dengan adanya setoran dari dinas-dinas setempat kepada Wali Kota Medan.

"Diduga ada setoran dari dinas-dinas ke Kepala Daerah," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (16/10/2019).

Febri mengatakan, KPK juga mengamankan sejumlah uang dalam OTT terhadap Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. Setelah dihitung, uang itu berjumlah Rp 200 juta.

"Uang yang diamankan lebih dari Rp 200 juta. Diduga praktek setoran dari dinas-dinas sudah berlangsung beberapa kali. Tim sedang mendalami lebih lanjut," kata Febri.

Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin

Senin (13/01/14), Bupati Bogor, Rachmat Yasin mendatangi gedung KPK untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus Hambalang (Liputan6.com/Johan Tallo)

Rachmat Yasin baru saja bebas pada 8 Mei 2019 kemarin. Dia dijerat dalam kasus suap rekomendasi tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor Tahun 2014 atas nama PT Bukit Jonggol Asri seluas 2.754 Hektare.

Rachmat Yasin divonis 5 tahun 6 bulan penjara. Dalam perkara yang diawali operasi tangkap tangan (OTT) pada 7 Mei 2014, KPK juga memproses FX Yohan Yap (swasta), M Zairin (KepaIa Dinas Pertanian dan Kehutanan Bogor) dan Kwee Cahyadi Kumala, Komisaris Utama PT. Jonggol Asri dan Presiden Direktur PT. Sentul City.

Tak lama menghirup udara bebas, KPK justru menjadwalkan pemeriksaan Rachmat Yasin sebagai tersangka. Dia dijerat dalam kasus dugaan 'memalak' dan 'menyunat' para satuan perangkat kerja daerah (SKPD) selama menjabat Bupati Bogor.

"Rachmat Yasin akan diperiksa sebagai tersangka pemotongan uang dan gratifikasi Bupati Bogor," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa, 8 Oktober 2019.

Selain Rachmat Yasin, tim penyidik juga akan memeriksa dua saksi dalam kasus ini, mereka adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Camalia Wilayat Sumaryana dan Bendahara Pengeluaran Pembantu di RSUD Cibinong Leidia Marhareta Kandou.

"Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RY (Rachmat Yasin)," kata Febri.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Rachmat Yasin, Bupati Bogor periode 2009-2014 dalam kasus suap. Rachmat Yasin kini dijerat dengan kasus dugaan "memalak" dan "menyunat" para satuan perangkat kerja daerah (SKPD) selama menjabat Bupati Bogor.

Rachmat Yasin diduga meminta, menerima atau memotong pembayaran dari beberapa SKPD Rp 8.931.326.223. Setiap SKPD diduga memiliki sumber dana yang berbeda untuk memberikan dana kepada Rachmat Yasin.

Uang tersebut diduga digunakan Rachmat Yasin untuk biaya operasional dan kebutuhan kampanye Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Legislatif yang diselenggarakan pada 2013 dan 2014.

Selain itu, Rachmat Yasin juga diduga menerima gratifikasi, yaitu berupa tanah seluas 20 hektare di Jonggol, Kabupaten Bogor dan Toyota Velflre senilai Rp 825 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: