Kamis, 03 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hengkangnya Pepsi Tak Ganggu Pertumbuhan Industri Minuman

Posted: 03 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian, (Kemenperin) memastikan hengkangnya Pepsi dari Indonesia tidak akan mengganggu industri minuman di Tanah Air. Sebab, pangsa pasar Pepsi di Indonesia dinilai tidak terlalu besar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Agro Kemenperin Abdul Rochim menanggapi penghentian produksi dan penjualan produk Pepsi di Indonesia per 10 Oktober 2019.

"Share Pepsi Cola untuk jenis minuman NARTD (Non Alcoholic Ready To Drink) tidak sebesar kompetitornya untuk produk sejenis. Secara makro Nasional tidak terlalu besar dampaknya," ujar dia di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Selain itu, lanjut Rochim, hengkangnya Pepsi bukan akibat kondisi di dala negeri, melainkan habisnya kontrak kerja sama dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) sekalu mitra di Indonesia.'

"Persoalan yang mengakibatkan Pepsi keluar dari Indonesia lebih terkait kerjasama dengan mitra Pepsi berupa pemutusan kontrak bisnis. Jadi dipastikan keluarnya Pepsi Cola bukan karena iklim bisnis di dalam negeri yang tidak kondusif," jelas dia.

Rochim mengungkapkan, dari data yang ada saat ini, secara keseluruhan pertumbuhan industri minuman secara keseluruhan masih positif. 

Sektor industri minuman pada Semester I  2019 menunjukan pertumbuhan PDB sebesar 22,74 peraen di mana berkontribusi sebesar 2,01 persen terhadap PDB industri pengolahan nonmigas dengan nilai investasi PMA sebesar 68,72 juta USD dan investasi PMDN sebesar 1,43 triliun IDR.

Realisasi investasi di sektor industri minuman pada semester I 2019 mencapai Rp 1429,74 miliar untuk PMDN dan USD 68,72 juta untuk PMA.

Khusus untuk pertumbuhan NARTD di Indonesia memang menurun tidak terlalu besar (per agustus 2019 sebesar -0,7 persen) dikarenakan penurunan penjualan di pasar tradisional. Sedangkan untuk retail dan pasar modern justru mengalami peningkatan.

 

Hengkang dari Indonesia, Kemenperin Bakal Panggil Perwakilan Pepsi

Pepsi akan pamit dari Indonesia per 10 Oktober 2019 (Foto: unsplash.com/Ja San Miguel)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan memanggil perwakilan Pepsi di Indonesia. Pemanggilan ini terkait dengan hengkangnya produsen minuman berkarbonasi tersebut di Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Abdul Rochim mengatakan, hingga saat ini pihak Pepsi belum memberikan laporan resmi kepada Kemenperin terkait dengan penghentian produksi dan distrubusinya di Indonesia. 

"Belum (memberikan laporan)," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Namun demikian, lanjut Rochim, dirinya akan memanggil perwakilan Pepsi untuk mengetahui secara detail permasalahan yang dihadapi sehingga membuatnya harus hengkang dari Indonesia.

"Saya akan mengundang Pepsi untuk mengetahui (permasalahannya) secara detail," tandas dia.  

Pepsi Resmi Hengkang dari Indonesia 10 Oktober

Pepsi  (AP Photo/Paul Sakuma)

Minuman berkarbonasi asal Amerika Serikat (AS) Pepsi dipastikan hengkang dari Indonesia. Pepsi akan resmi meninggalkan pasar Indonesia per 10 Oktober 2019 ini.

Juru bicara (Jubir) PepsiCo mengatakan kini Pepsi akan mengakhiri kiprahnya di pasar domestik. Alasanya, masa kontrak PepsiCo Inc dan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) telah habis pada tanggal tersebut. Keduanya juga telah sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama lagi.

"Efektif mulai 10 Oktober 2019, AIBM tidak akan memproduksi, menjual, atau mendistribusikan produk PepsiCo," ujar Jubir PepsiCo, Rabu (2/10/2019).

Pihaknya pun berharap PepsiCo dapat kembali berusaha di pasar tanah air melalui sejumlah produk unggul lainnya dari perusahaan.

"PepsiCo berharap bisa kembali ke pasar Indonesia dengan merek-merek ternama kami seperti Pepsi, Miranda, 7up dan Mtn Dew di masa yang akan datang," tegas dia.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mario Kart Tour Jadi Gim Mobile Terpopuler Nintendo dengan 90 Juta Kali Unduhan

Posted: 03 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mario Kart Tour jadi gim mobile terpopuler yang pernah Nintendo rilis. Pasalnya, menurut data terbaru dari perusahaan riset pasar Sensor Tower, Mario Kart Tour sudah diunduh lebih dari 90 juta kali. Padahal gim ini baru dirilis pekan lalu.

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gim mobile lain yang telah Nintendo luncurkan sejauh ini.

Dengan mencapai 90 juta kali unduhan pada pekan pertamanya, Mario Kart Tour kini mengambil alih puncak kepemimpinan.

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gim Animal Crossing: Pocket Camp yang telah diunduh 14,3 juta kali pada pekan pertamanya.

Jumlah unduhan Mario Kart Tour pada pekan pertama juga melampaui Super Mario Run yang diunduh 13 juta kali dan Fire Emblem Heroes yang diunduh 8,1 juta kali pada pekan pertama.

Mengutip 9to5Mac, Jumat (4/10/2019), di iOS, Mario Kart Tour telah diunduh 36,5 juta kali.

Sementara di Android perangkat ini terpasang sebanyak 53,5 juta kali. Hal ini karena jumlah pengguna Android jauh lebih banyak ketimbang pengguna iOS.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Perolehan Pendapatan Gim Nintendo

Penampakan bocoran Mario Kart Tour di internet. (Doc: Resetera)

Dalam hal pendapatan, pengguna Mario Kart Tour di iOS mengeluarkan lebih banyak uang ketimbang pengguna di Android. Total, Nintendo memperoleh USD 12,7 juta (setara Rp 180 miliar) dari gim ini.

Penyumbang pendapatan ini paling banyak adalah pengguna iOS dengan nilai USD 9,6 juta (setara Rp 136,2 miliar). Sementara pengguna Android menyumbang pendapatan sebesar USD 3,1 juta (setara Rp 44 miliar).

Meski jumlah unduhannya paling banyak pada pekan pertama, dari segi pendapatan, Mario Kart Tour bukanlah penyumbang pendapatan terbanyak bagi Nintendo.

Gim yang menyumbang pendapatan terbanyak antara lain adalah Super Mario Runs dengan total USD 16,1 juta pada pekan pertama. Gim Nintendo lainnya yang juga menyumbang pendapatan terbanyak adalah Fire Emblem Heroes dengan pendapatan USD 28,2 juta.

Perlu dicatat, Super Mario Run memerlukan sejumlah pembayaran supaya pemain bisa mengakses gim secara utuh. Sementara Fire Emblem Heroes sepenuhnya gratis.

Dikritik

Ilustrasi Dua Orang Anak Muda Bermain Gim Mobile. Kredit: NatureaAddict via Pixabay

Meski sukses dengan jumlah unduhannya, Mario Kart Tour menghadapi sejumlah kritik terkait dengan praktik monetisasinya.

Pasalnya, gim ini mengunci fitur dan karakter utama tertentu di balik langganan dan in-app purchase. Sementara, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di App Store.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Direktur RS Unair: ARV Terbukti Masih Efektif Obati Penderita HIV AIDS di Indonesia

Posted: 03 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Indonesia menjadi negara yang alami kenaikan jumlah penderita HIV di antara berbagai negara di Asia Tenggara. Oleh karena itu, penelitian mengenai infeksi virus HIV di Indonesia penting dilakukan.

Salah satunya adalah penelitian mengenai resistensi obat Antiretroviral atau ARV (obat yang diberikan pada penderita HIV AIDS). "Penelitian ini sangat penting. Dalam penelitian ini kami mencoba untuk mengumpulkan informasi terkait resistensi obat sebelum muncul gejala klinis di masyarakat," ucap Prof. Dr. Nasronudin, Sp.PD.,KPTI-FINASIM, selaku anggota tim peneliti, Kamis, 3 Oktober 2019.

Penelitian terkait resistensi obat ARV tersebut mengambil sampel darah dari pasien HIV AIDS. Terdapat dua kelompok yang diambil sampel darahnya.

Yaitu pasien terinfeksi HIV yang belum mendapatkan obat ARV sama sekali (pasien naïf) dan pasien yang telah mendapatkan obat ARV selama enam bulan atau lebih.

"Dua-duanya kita periksa untuk ditentukan dan diprediksi ada tidaknya resistensi. Baik yang belum atau yang sudah mendapat ARV," lanjut direktur rumah sakit Universitas Airlangga (Unair) yang akrab disapa Prof. Nasron itu.

Penelitian menggunakan teknik polymerase chain reaction (PCR), yaitu sebuah metode untuk memperbanyak DNA secara enzimatik tanpa menggunakan organisme. Kemudian dianalisis menggunakan teknik sequencing DNA atau pengurutan DNA. Hasil menunjukkan tidak ada mutasi primer yang terdeteksi. Sementara mutasi sekunder terdeteksi pada 5 persen dari seluruh jumlah sampel.

"Terdapat mutasi tapi tidak mayor (besar) tapi minor (kecil). Jadi disimpulkan bahwa mutasi masih sangat sedikit dan pengobatan ARV di Indonesia masih sangat efektif," ujar dia.

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Selanjutnya

Ilustrasi HIV/AIDS

Menurut Prof. Nasron, ARV masih berpotensi untuk mampu mengangkat kualitas hidup dari pasien. Baik pasien HIV atau pasien dengan AIDS. Selain itu, Prof. Nasron juga menjelaskan, tata kelola infeksi HIV antara lain adalah obat yang diberikan dapat diterima oleh pasien, tidak menimbulkan efek samping.

Kemudian, obat memiliki kemampuan menyembuhkan yang bagus sehingga kondisi klinis pasien membaik. Secara virologi (ilmu terkait virus), jumlah virus dari waktu ke waktu semakin menurun.

Pada  pasien AIDS stadium empat, rata-rata virus yang ada pada tubuhnya adalah 100 ribu virus per cc darah. Kemudian, apabila mengonsumsi ARV kombinasi secara teratur selama enam bulan akan menjadi 50 virus per cc darah. Jika dilanjutkan sampai dua tahun, jumlah virus menjadi lima virus per cc darah.

Hanya saja, manusia kurang lebih memiliki 5000 cc darah didalam tubuhnya. Sehingga meskipun virus pada darah tersisa lima virus per cc darah, maka jumlahnya masih tetap tinggi dan tetap berpotensi menular pada pihak lain. "Tapi tentu saja 5 virus per cc darah itu jauh lebih rendah dibanding 100 ribu virus per cc darah," pungkas Prof. Nasron.

Menkes: Selama Narkoba Belum Ada, Masalah HIV Belum Selesai

HIV/AIDS (iStockphoto)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F. Moeloek mengatakan bahwa HIV masih akan sulit ditangani apabila peredaran narkoba masih ada di Indonesia.

"Selama narkotika masih masuk ke Indonesia, ini belum selesai persoalan. Masih ada memakai dan membeli," kata Nila dalam paparan publik Pencerah Nusantara di gedung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta pada Rabu, 17 Juli 2019.

Nila mengatakan, anak-anak juga rentan menjadi korban dari penularan HIV. Bahkan mereka yang ada dalam kandungan.

"Jangan anak-anak, bayi yang lahir, bayi yang tidak bersalah, terkena HIV," Nila menegaskan.

Oleh karena itu, orangtua yang sudah terkena HIV haruslah selalu mengonsumsi obat yang sudah disediakan pemerintah.

Konsumsi pengobatan yang teratur bagi pasien HIV, dinilai bisa mencegah penularannya pada bayi. Hal inilah yang dirasa menjadi satu langkah untuk mencegah sekaligus menurunkan angka HIV, khususnya pada anak.

"Karena anak yang menderita HIV, seumur hidup dia harus minum obat. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan," kata Nila menambahkan.

Laporan Kemenkes tahun 2017, secara kumulatif, terdapat 102.667 kasus AIDS dan 280.623 kasus HIV positif. Data Sensus Penduduk tahun 2010 menunjukkan, penduduk Indonesia usia muda berjumlah sekitar 25 persen dari total penduduk Indonesia. Di mana, mereka rentan terhadap bahaya HIV dan AIDS serta narkoba.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Lahirkan Anak Ketiga, Ayu Dewi Nangis karena Kangen Mendiang Ibu

Posted: 03 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Ayu Dewi dan Regi Datau saat ini tengah bersukacita atas kelahiran anak ketiga mereka. Bayi laki-laki bernama Muhammad Aqli Ataya lahir pada Minggu (29/9/2019) di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan.

Buah hati ketiga Ayu Dewi ini lahir dengan berat 3,1 kilogram dan panjang 50 sentimeter. Proses persalinan anak Ayu Dewi kali ini berbeda, yakni lewat operasi caesar.

Sebelumnya, Ayu Dewi melahirkan anak pertama dan keduanya secara normal. Ayu Dewi kemudian mengungkapkan perbedaan lain yang ia rasakan. Pada kelahiran ini, Ayu Dewi tak lagi didampingi oleh ibunya, Sekar Dewi, yang telah meninggal dunia pada November 2018 lalu.

"Kalau normal itu kan di ruang bersalin bisa ditemani (mendiang) ibu dan suami. Tapi ini harus di-caesar, di dalem enggak boleh ada siapa-siapa. Jadi mungkin diatur sama Allah supaya enggak terasa kehilangan (ibu)," ujar Ayu Dewi saat ditemui di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2019).

 

Kangen Ibu

[Foto: Instagram @mrsayudewi ]

Usai menjalani operasi, Ayu Dewi mengaku rindu dengan sang ibu. Ia bahkan sempat menitikkan air mata. "Besokannya setelah operasi, pas latihan berdiri segala macem, mulailah nangis-nangis kangen," tutur Ayu Dewi.

Ayu Dewi kemudian terkenang dengan masa-masa ketika ibundanya masih hidup.

"Biasanya kalau ada ibu, dia udah gendong-gendong bayi. Jadi ya (Aqli) enggak sempet kenal, enggak sempet lihat. Kalau lagi nyusuin rasanya paling terharu, sambil ngomong, 'Adek nanti enggak kenal Uti ya'," cerita Ayu Dewi.

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terima Suap, Tiga Pegawai Ditjen Pajak Ditahan KPK

Posted: 03 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 3 Pegawat Dtjen Pajak ditahan oleh KPK selama 20 hari pertama. Penahanan terkait korupsi restitusi pajak. ketiganya diduga menerima suap dari wajib pajak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wamena Mulai Kondusif, Mensos Imbau Pendatang Tak Eksodus

Posted: 03 Oct 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengimbau warga tidak eksodus meninggalkan Wamena, Papua. Sebab saat ini kondisi keamanan mulai kondusif pascakerusuhan di daerah tersebut.

"Saya mengimbau tidak perlu eksodus karena keamanan sudah semakin kondusif," kata Mensos usai melantik pejabat eselon I Kementerian Sosial di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Menurut Agus, saat ini suasana semakin kondusif dan ke depan adanya suatu komitmen dari aparat keamanan untuk menciptakan suasana kondusif di seluruh tanah Papua termasuk Wamena.

"Memang masih ada beberapa warga yang masih khawatir, masih merasa takut dan saya kira itu sangat manusiawi," tambah dia seperti dikutip dari Antara.

Papua Masih Butuh SDM

Agus mengatakan, Papua masih membutuhkan sumberdaya manusia yang andal sehingga ekonomi di daerah itu bisa kembali pulih. Sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita bersama-sama siapapun itu semua pihak lepas dari latar belakang apapun kita punya komitmen untuk sama-sama membangun tanah Papua," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Usai Diperiksa KPK, Mantan Pejabat Garuda Indonesia Kabur Hindari Wartawan

Posted: 03 Oct 2019 10:20 PM PDT

Mantan Pejabat PT Garuda Indonesia (Persero), Heriyanto Agung Putra menghindari awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (4/10/2019). Heriyanto diperiksa terkait kasus suap pengadaan mesin Rolls-Royce PLC untuk pesawat Airbus milik Garuda Indonesia. (merdeka.com/Dwi Narwok

Mantan Pejabat PT Garuda Indonesia (Persero), Heriyanto Agung Putra menghindari awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (4/10/2019). Heriyanto diperiksa terkait kasus suap pengadaan mesin Rolls-Royce PLC untuk pesawat Airbus milik Garuda Indonesia. (merdeka.com/Dwi Narwok

Mantan Executive Vice President Human Capital & Corporatiron Supplier Services PT Garuda Indonesia (Persero), Heriyanto Agung Putra menghindari kejaran awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (4/10/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Executive Vice President Human Capital & Corporatiron Supplier Services PT Garuda Indonesia (Persero), Heriyanto Agung Putra menghindari kejaran awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (4/10/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Pejabat PT Garuda Indonesia (Persero), Heriyanto Agung Putra menghindari awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (4/10/2019). Heriyanto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Emirsyah Satar terkait kasus pengadaan pesawat Rolls-Royce. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Pejabat PT Garuda Indonesia (Persero), Heriyanto Agung Putra menghindari awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (4/10/2019). Heriyanto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Emirsyah Satar terkait kasus pengadaan pesawat Rolls-Royce. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Extraordinary You, Saat Tokoh Figuran Sadar Hidupnya Ada di Dunia Komik

Posted: 03 Oct 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Para penggemar drama Korea kembali mendapat tontonan baru, bertajuk Extraordinary You. Drama yang dibintangi oleh Kim Hye Yoon dan Rowoon SF9 ini, diangkat dari webtoon yang memiliki tajuk sama.

Episode perdana Extraordinary You ditayangkan oleh MBC pada Rabu (2/10/2019) kemarin, dan lanjutannya ditayangkan sehari kemudian.

Extraordinary You memiliki premis yang terbilang unik. Sang protagonis, Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) menyadari satu keanehan dalam hidupnya: bahwa ia adalah karakter manhwa, alias sebutan bagi komik Korea.

Awalnya Eun Dan Oh mengira dirinya adalah tokoh utama, tapi ia akhirnya harus menelan kekecewaan. Pasalnya, ia ternyata hanya karakter kecil yang perannya terbatas.

Bintang utama dari manhwa ini, adalah Yeo Joo Da (Naeun April) dan Oh Nam Joo (Kim Young Dae). Eun Dan Oh tak mau lama-lama kecewa. Sebaliknya, ia mulai mencari takdirnya sendiri, melawan keinginan sang penulis manhwa.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Chart Hubungan

Extraordinary You (Soompi)

Berdekatan dengan tanggal penayangan perdana Extraordinary You, MBC merilis chart hubungan antara karakter drama ini.

Eun Dan Oh digambarkan telah naksir anak dari partner bisnis ayahnya, Baek Kyung (Lee Jae Wook), selama 10 tahun. Baek Kyung sendiri, adalah satu dari tiga murid teratas di sekolahnya yang disebut A3. Namun, Eun Dan Oh jatuh cinta dengan seorang tokoh sampingan di manhwa yang memiliki nama sandi No.13 (Rowoon SF9), yang kemudian diberi nama Ha Roo.

Dua member A3 lain, yakni Oh Nam Joo dan Lee Do Hwa (Jung Gun Joo), terlibat cinta segitiga dengan Yeo Joo Da. Dalam chart ini diperlihatkan pula tokoh misterius, Jin Mi Jae.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temukan Spot Foto yang Instagramable di Hidden Hills Wanagiri

Posted: 03 Oct 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ke Buleleng, jangan lupa singgah ke Wanagiri Hidden Hills. Tempat mengesankan ini merupakan objek wisata yang tengah viral di kalangan pengguna medsos. Banyak pengunjung yang memadati kawasan tersebut setiap hari. Khususnya kawula muda yang hobi selfie.

Sebelumnya, Wanagiri Hidden Hills adalah kawasan yang terbengkalai dan kotor. Bahkan dinilai angker, sehingga orang takut datang ke sini. Namun, belakangan kawasan ini justru populer di media sosial. Tempat ini menawarkan keindahan alam dan memiliki banyak spot foto yang instagramable.

Pengelola Wanagiri Hidden Hills Ketut Ardhika Yasa mengatakan, destinasi ini menjadi sangat hits dan disukai para milenial. Selain panorama yang indah, keasrian alam khas pegunungan juga menjadi daya tarik yang jarang ditemui di tempat lain.

"Untuk spot foto yang kami sediakan, bentuknya pun bermacam-macam. Ada miniatur perahu yang jika Anda berdiri di ujung depan, serasa menaiki kapal Titanic. Ada pula bentuk tangan yang menopang pengunjung dari bawah, bentuk sangkar burung, oval, ayunan, dan lain-lain. Semua spot foto di sini berlatar belakang Danau Buyan. Indah sekali," ujarnya, Senin (30/9).

Wanagiri Hidden Hills berlokasi di Dusun Asih Panji, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Tempatnya cukup dekat dengan Danau Beratan Bedugul. Jika ingin berkunjung ke sini, sebaiknya memilih hari yang cerah. Sebab, jika cuaca kurang mendukung, maka lokasi wisata akan diselimuti kabut.

Ketut Ardhika Yasa menambahkan, kunjungan wisatawan mancanegara ke lokasi ini rata-rata 300 pengunjung setiap hari. Itu belum dengan wisatawan nusantara. Jika ditambah dengan wisatawan lokal, jumlahnya bisa mencapai 500 lebih per hari.

Pria yang akrab disapa Dhika ini mengaku mulai membuat sendiri spot-spot selfie sejak tahun 2014. Awalnya hanya berupa tempat pijakan yang menjorok ke tengah. Seperti setengah jembatan, namun ada pagar pengaman. Setelah animo masyarakat cukup tinggi, barulah ia melanjutkan membangun beberapa spot foto lainnya.

"Awalnya sendiri. Tapi kemudian disarankan oleh pemerintah desa agar dibuat koperasi dan melibatkan warga desa lain. Sekarang sudah ada 43 anggota dan semuanya warga Desa Wanagiri. Selain spot foto, kami juga mengelola waterfall dan sebagian menjadi pemandu wisata," ungkapnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, Wanagiri Hidden Hills termasuk destinasi kekinian dengan konsep nomadic tourism. Dibangun menyatu dengan alam, lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung yang memadai.

Rizki juga mengatakan, sudah menjadi kewajiban pengelola nomadic tourism untuk terus mengembangkan kreativitas, agar pengunjung tak bosan. Bahkan secara berkala, akan ada spot-spot foto baru sehingga pengunjung mendapat sesuatu yang berbeda dari sebelunya.

"Sebab, tidak menutup kemungkinan mereka yang sudah pernah berkunjung, akan kembali lagi di lain kesempatan," jelasnya.

Arief juga vmenuturkan, nomadic tourism merupakan konsep wisata temporer. Konsep ini dirasa mampu menjangkau destinasi-destinasi wisata alam di Indonesia. Bagi turis mancanegara, kecantikan Indonesia memang sangat menarik. Terlihat dari tingginya angka wisma yang masuk dari tahun ke tahun.

"Potensi pariwisata Indonesia sangat besar untuk menarik wisatawan mancanegara. Konsep nomadic tourism sendiri paling tepat untuk dapat menarik lebih banyak wisman berlibur ke Tanah Air. Terlebih Bali yang memang sudah menjadi daerah tujuan wisata dunia," jelasnya. 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus PLN Genjot Rasio Elektrifikasi di Papua dan Papua Barat

Posted: 03 Oct 2019 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi dua provinsi yang masih rendah, yakni Provinsi Papua dan Papua Barat. Hal ini sejalan dengan komitmen PLN dalam upaya meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia hingga mencapai 100 persen pada 2020.

Direktur Human Capital Management (HCM) PLN Muhamad Ali mengatakan, upaya untuk melistriki Bumi Cendrawasih tersebut tidak mudah dilakukan. Ini mengingat hingga Juli 2019 rasio elektrifikasi Provinsi Papua adalah 48,5 persen dan Papua Barat 91,22 persen.

Dengan jumlah desa total 7.358 (sesuai Permendagri No. 137/2017), masih ada sekitar 1.724 desa yang masih gelap gulita.

"Itulah awal mula yang sekaligus menjadi dasar pertimbangan, PT PLN (Persero) Direktorat Bisnis Regional Maluku dan Papua, menetapkanprogram inisiatif strategis, Ekspedisi Papua Terang (EPT) di 2018," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Langkah awal yang dilakukan PLN untuk membangun sistem kelistrikan, lanjut dia, dengan mengadakan survei kelistrikan, yang menjadi dasar menentukan tahapan atau langkah berikutnya.

Karena itu menurut Ali, sebagai kelanjutan dari Ekspedisi Papua Terang, pada tahun ini PLN menetapkan Program 1.000 Renewable Energy for Papua yang merupakan kerjasama PT PLN (Persero) Direktorat Bisnis Regional Maluku dan Papua dengan Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember,Universitas Cenderawasih, LAPAN, dan TNI AD.

 

 

Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

Perawatan kincir air di Kampung Kriku yang membuat adanya energi terbarukan untuk sumber listrik. (Liputan6.com/Katharina Janur)

Dari hasil kajian dan survei menurut Kepala Divisi Pengembangan Regional Maluku-Papua PT PLN (Persero) Eman Prijono Wasito Adi, ada empat alternatif EBT yang ditawarkan dalam Ekspedisi Papua Terang (EPT) yakni Pembangkit ListrikTenaga Pikohidro; Tabung Listrik (Talis); Pembangkit Listrik TenagaBiomassa (PLTBm); serta PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Untuk Pikohidro lebih cocok apabila diaplikasikan pada daerah yang memiliki perbedaan ketinggian. Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro merupakan pembangkit skala sangat kecil yang memanfaatkan energi potensial air untuk menghasilkan listrik berkapasitas hingga 5.000 Watt. Energi potensial air menggerakkan turbin,sedangkan turbin memutar generator, dan generator inilah yang dapatmenghasilkan listrik.

Sedangkan Tabung Listrik merupakan alat penyimpanan energi (energystorage) layaknya power bank, yang digunakan untuk melistriki rumah. Cukup dengan plug-and-play, masyarakat di pedalaman Papua sudahdapat memanfaatkan listrik dengan Talis ini untuk kebutuhan peneranganhingga menyalakan televisi. Talis dapat diisi ulang di Stasiun PengisianEnergi Listrik (SPEL).

Sementara PLTBm adalah pembangkit listrik skala kecil yangmemanfaatkan potensi energi biomassa, seperti bambu, kayu, serat kelapasawit dan bahan organik kering lainnya. Pembakaran biomassamenghasilkan uap air bertekanan yang memutar turbin, kemudianmenggerakkan generator untuk menghasilkan listrik.

PLTBm yang dikembangkan oleh PLN Regional Maluku dan Papua berkapasitas 3 – 10kW. Seperti yang dikenal selama ini Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS), menjadi alternatif melistriki daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi darat. Karena itu dengan mengandalkan sumber energimatahari, maka sangat cocok untuk kawasan terpencil. Energi listrik disalurkan melalui jaringan tegangan rendah atau digunakan sebagai SPEL untuk Talis atau Energy Storage (cadangan energi).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Salat Bareng JK di Istana Wapres

Posted: 03 Oct 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla dan wapres terpilih Ma'ruf Amin salat Jumat bersama di Masjid Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Pantauan Liputan6.com, Jusuf Kalla menerima kedatangan Ma'ruf Amin di Istana Wapres. Keduanya langsung menuju masjid.

Sesaat jalan menuju masjid, JK beberapa kali menunjukan beberapa ruangan dan Ma'ruf Amin mendengarkan dengan seksama.

Tak banyak yang disampaikan keduanya. Sesaat hendak mau masuk ke dalam masjid, JK hanya mengucapkan salam kepada wartawan dan mengatakan akan melaksanakan salat Jumat terlebih dahulu.

"Assalamualaikum. Salat Jumat dulu," kata JK di Istana Wapres.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kapolda Jatim Resmi Menjabat Ketua Pengprov PBVSI Jatim 2019-2023

Posted: 03 Oct 2019 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen. Pol. Luki Hermawan, Rabu pagi 2 Oktober 2019 dilantik menjadi Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, Pengprov PBVSI Jawa Timur periode 2019- 2023, oleh Ketua PBVSI Pusat Komjen. Pol. (Purn.) Imam Sudjarwo di Mapolda Jawa Timur.

Diharapkan, dengan kepengurusan yang baru, akan muncul atlet - atlet nasional dari Jawa Timur, terutama atlet bola voli putri. Berikut video liputannya pada program Fokus, 3 Oktober 2019.

Pengurus Provinsi PBVSI Jawa Timur, Rabu pagi, resmi berganti. Bertempat di Gedung Tribrata Mapolda Jatim dan disaksikan sejumlah Pengurus PBVSI dan Pejabat Polda Jatim. Kapolda Jatim Irjen. Pol. Luki Hermawan dilantik langsung oleh Ketua PBVSI Pusat Komjen. Pol. (Purn.) Imam Sudjarwo, sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi PBVSI Jawa Timur periode 2019- 2023.

Dalam amanatnya, Imam Sudjarwo berpesan, agar Pengurus PBVSI Jawa Timur yang baru bisa memunculkan atlet-atlet baru untuk memperkuat timnas, terutama atlet bola voli putri. Karena Jawa Timur dikenal sebagai gudangnya atlet. Sehingga diharapkan mampu bersaing di tingkat Asia.

Sementara itu, Pengurus Provinsi PBVSI Jawa Timur yang baru, Irjen. Pol. Luki Hermawan akan fokus mencari bibit baru dengan pembinaan secara serius dan berkelanjutan. Luki Hermawan menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya fokus menyiapkan atlet bola voli putra dan putri untuk diterjunkan di PON XX tahun 2020 di Papua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Kolaborasi Rich Brian dan Chungha dalam 'These Night, Tak Terbayangkan

Posted: 03 Oct 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rapper Rich Brian baru saja merilis single terbarunya berjudul These Night pada Kamis (3/10/2019) kemarin. Menariknya pada lagu tersebut Rich Brian turut menggandeng penyanyi K-Pop Chung Ha. Kolaborasi antara Rich Brian dengan Chung Ha sendiri mungkin tak pernah terbayangkan oleh para penggemar kedua penyanyi tersebut.

Konsep yang dibawakan pada 'These Night' juga cukup berbeda dibanding lagu Rich Brian sebelumnya. Pada lagu ini, Rich Brian dan Chung Ha mengusung konsep Old School. Tak hanya konsep lagu saja yang berbeda, tapi pria kelahiran 3 September 1999 ini juga memiliki penampilan yang tak biasa.

Video klip yang dirilis pada channel YouTube 88rising ini langsung menjadi sorotan. Pasalnya, saat keduanya mengumumkan kolaborasi di akun Twitter resmi Rich Brian dan Chung Ha, tak sedikit netizen yang merasa kaget. Hingga tulisan ini dimuat video klip 'These Night' telah ditonton lebih dari 1,3 juta kali.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2019) berikut ini beberapa fakta terkait kolaborasi antara Rich Brian dengan Chung Ha.

1. Penampilan Unik Rich Brian

View this post on Instagram

"THESE NIGHTS" // tomorrow midnight.

A post shared by Rich Brian (@brianimanuel) on

Pada lagu terbaru dari Rich Brian, pria 20 tahun ini tampil dengan gaya rambut cukup mengejutkan. Pasalnya pria yang memiliki nama lengkap Brian Imanuel Soewarno ini tampil dengan gaya rambut mullet.

Hal ini juga bisa dilihat pada unggahan foto di akun Instagram pribadinya serta di video klip terbarunya. Meski memiliki gaya rambut yang berbeda, Rich Brian tetap mengandalkan kaca mata hitam di video klip tersebut.

2. Lebih menunjukan bakat bernyanyi

Rich Brian dan Chung Ha (Sumber: Instagram/chungha_official)

Jika pada lagu sebelumnya Rich Brian kerap melakakukan rap. Namun, pada lagu terbarunya dengan Chung Ha, ia justru menunjukkan bakat menyanyinya. Kolaborasi suara Rich Brian dan Chung Ha juga dianggap cocok.

Tak hanya Rich Brian, pada lagu tersebut Chung Ha juga tak menonjolkan tariannya seperti di lagu sebelumnya. Ia juga lebih menekankan pada kemampuan vokal di lagu yang bergenre pop retro tersebut.

3. Tulis lirik lagu sendiri

Rich Brian dan Chung Ha (Sumber: Instagram/chungha_official)

Tak hanya berkolaborasi dan menunjukan suara emasnya saja. Akan tetapi Chung Ha juga berpartisipasi dalam proses pembuatan lagu tersebut. Dilansir Liputan6.com dari Soompi, Jumat (4/10/2019) Chung Ha diketahui turut berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu 'These Night'.

Penampilan Chung Ha di lagu 'These Night' juga menjadi sorotan publik. Terlebih lagi, Chung Ha dan Rich Brian menunjukan chemistry yang apik di lagu tersebut.

4. Masuk dalam album kompilasi

Rich Brian dan Chung Ha (Sumber: Instagram/chungha_official)

Lagu yang dirilis oleh 88rising ini rupanya akan masuk dalam sebuah album kompilasi berjudul Head In The Clouds II. Kolaborasi internasional yang ditunjukan oleh Rich Brian dan Chung Ha ini menjadi salah satu lagu pada album yang akan dirilis pada 11 Oktober 2019. Tak hanya lagu 'These Night' dari Rich Brian dan Chung Ha saja. Pada album tersebut juga akan dimuat beberapa lagu lain dari artis naungan 88rising.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Outlander PHEV Kemahalan, Mitsubishi Bikin Mobil Listrik Rp200 Jutaan?

Posted: 03 Oct 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pabrikan otomotif yang telah meluncurkan kendaraan listrik di Indonesia, masih memasang harga yang cukup mahal. Sebagai contoh, harga mobil hybrid yang sudah dipasarkan di Tanah Air, seperti Toyota Corolla Altis yang dibanderol Rp566,3 juta dan untuk varian plug-in hybrid milik Mitsubishi, Outlander PHEV dilepas Rp1,289 miliar.

Dengan harga yang masih cukup mahal ini, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pabrikan roda empat untuk menghadirkan mobil bertenaga listrik dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan, dengan konsep mild hybrid, diharapkan mobil emisi rendah ini bisa memiliki banderol Rp200 sampai Rp250 juta.

Menanggapi hal tersebut, Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memang sudah melakukan diskusi terkait desain atau menentukan powertrain seperti apa yang bisa menjadi tren ke depannya.

"Kami sudah melakukan diskusi bersama, untuk mendesain atau menentukan jenis mesin apa yang menjadi tren ke depan, untuk dikembangkan di setiap negara, termasuk Indonesia," jelas Nakamura saat ditemui di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (3/10/2019).

Lanjutnya, tentu mobil mild hybrid perlu dipertimbangkan sebagai teknologi baru. Tapi, begitu juga dengan strong hybrid, plug-in hybrid, dan mobil full listrik yang juga memiliki potensi besar.

"Jadi tidak hanya satu saja. Langkah yang harus diambil untuk perkembangan saat ini, kami masih menjual kendaraan internal combustion engine (ICE), dan itu tidak bisa dihapus begitu saja," tegasnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Selangkah Demi Selangkah

Sementara itu, dalam pengembangan menuju mobil listrik murni, memang harus dilakukan selangkah demi selangkah. Tidak bisa dilakukan dengan cepat, dan mudah begitu saja.

"Kami juga memikirkan powertrain generasi selanjutnya yang akan kami perkenalkan di Indonesia," pungkasnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Siswa SD di Wamena, Menahan Pintu Kelas Agar Perusuh Tak Masuk

Posted: 03 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anak perantau asal Sumatera Barat menceritakan kembali suasana mencekam saat kerusuhan di Wamena, Papua pecah, 23 September 2019 lalu.

Ikut orang tuanya merantau, ia tengah mengenyam kelas dua di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di ibu kota Kabupaten Jayawijaya tersebut.

"Saat itu, hari Senin sekitar pukul 08.00 Wit, setelah upacara saya mau ujian Agama, tiba-tiba kerusuhan itu terjadi," kata anak tersebut.

Ia bercerita, saat itu perusuh yang kocar kacir sempat masuk ke halaman sekolah dan melempari kaca-kaca ruang kelas saat kerusuhan terjadi. Parahnya, perusuh berusaha merangsek masuk ke kelas, padahal saat itu kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.

"Untuk mengamankan diri, saya bersama teman-teman lain bertahan dalam kelas, kemudian menyusun meja serta bangku-bangku untuk menghalang pintu," ia menambahkan.

Seperti dikutip dari Antara, dia bersama dengan 40 teman sekelasnya berusaha menahan pintu supaya perusuh tidak masuk ke ruang kelas. Untungnya, perusuh kemudian meninggalkan sekolah.

"Kami bertahan di dalam kelas sekitar setengah jam, hingga kemudian ada kerabat yang datang menjemput," katanya.

Jafri (60), orangtua anak laki-laki itu, mengaku panik saat kerusuhan di Wamena meletus karena anaknya masih berada di sekolah dan saat menelepon ke sekolah tidak ada yang menjawab.

"Ibunya sudah menangis, hingga salah satu kerabat menelpon dan mengatakan anaknya sudah dijemput dari sekolah, dan sudah aman bersamanya," kata Jafri.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Bertemu di Pengungsian

Anak laki-laki Jafri bertemu kembali dengan orangtuanya di tempat pengungsian di markas Kodim 1702 Jayawijaya di Wamena. Pada Kamis (3/10/2019) keluarga itu tiba di tanah Minangkabau.

Keluarga Jafri merupakan perantau asal Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Mereka merantau ke Wamena sejak tahun 2000.

Anak lelaki Jafri mengatakan bahwa dia terakhir pulang ke kampung orang tuanya saat kelas dua Sekolah Dasar. Kerusuhan di Wamena membuat dia memilih melanjutkan sekolah di kampung halaman.

"Karena kejadian ini, saya lebih memilih sekolah di kampung saja," katanya.

Demonstrasi berujung kerusuhan di Wamena pada 23 September 2019 menyebabkan lebih dari 30 orang meninggal dunia dan mengakibatkan banyak bangunan rumah, toko, kantor, dan fasilitas umum rusak.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galeri Foto: Semarak Musim Bunga Liar di Australia Barat

Posted: 03 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Australia Barat - Bunga-bunga liar bermekaran di Australia Barat. Penuh warna-warni nan cerah dan indah. Harumnya semerbak mewangi.

Bunga-bunga liar ini tumbuh begitu saja di hutan, taman nasional, pinggir pantai, pinggir gurun pasir, bahkan pinggir jalan. Australia Barat memang menjadi rumah bagi 12.000 spesies bunga liar.

Festival bunga liar pun digelar di Kings Park dan Botanic Garden. Wisatawan bisa menikmati indahnya lebih dari 1.700 spesies sedang mekar. Letaknya dekat dengan pusat kota Perth.

Liputan6.com bersama rombongan Tourism Western Australia mengunjungi lokasi ini pada 22 September 2019. Cukup padat dengan wisatawan yang ingin memanjakan mata dengan hamparan warna-warni bunga liar. Setiap kumpulan bunga liar diberi keterangan tentang namanya. Wisatawan bebas berfoto sepuasnya, asalkan tidak menginjak tanaman.

Bunga-bunga liar juga ditemui bermekaran dalam perjalanan di sepanjang penjuru Australia Barat. Bisa dinikmati mulai Juni hingga November. Simak ragam bunga liar yang ditemui dalam galeri foto berikut ini.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Kings Park

Bunga Liar Kangaroo Paw atau Cakar Kanguru di Kings Park, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar di Kings Park, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar di Kings Park, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)

Taman Nasional Leeuwin Naturaliste

Bunga Liar di Taman Nasional Leeuwin Naturaliste, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar Fairy Orchid di Taman Nasional Leeuwin Naturaliste, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar di Taman Nasional Leeuwin Naturaliste, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)

Hutan Boranup dan Grove

Bunga liar di Hutan Boranup, Australia (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar di Hutan Boranup, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga liar di Hutan Grove, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)

Margaret River

Bunga liar di Margaret River, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar di Margaret River, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar di Margaret River, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)

Teluk Koombana

Bunga Liar di Teluk Koombana, Bunbury, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar di Teluk Koombana, Bunbury, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)

Gurun Pinnacles

Bunga Liar di Gurun Pinnacles, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)Bunga Liar di Gurun Pinnacles, Australia Barat (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Anda Alami Gangguan Kecanduan Internet

Posted: 03 Oct 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Internet juga bisa membuat orang kecanduan. Apabila Anda menghabiskan banyak waktu bermain video game sampai lupa makan, atau terus-menerus memeriksa setidaknya tiga akun media sosial setiap hari, sehingga mengurangi efisiensi di tempat kerja bisa jadi Anda mengalami Internet Addiction Disorder (Gangguan Kecanduan Internet).

Internet Addiction Disorder juga dikenal dengan Problematic Internet Use (PIU), Compulsive Internet Use (CIU) atau Disorder. Seperti dikutip Medical Daily, kondisi kecanduan ini mengubah pusat kesenangan otak.

Menurut beberapa penelitian, menderita kecanduan internet menyerupai ketergantungan narkoba atau alkohol. Namun, kalau hanya memeriksa email setiap harinya untuk pekerjaan kantor tidak memenuhi syarat untuk gangguan tersebut.

Gangguan kecanduan internet bisa berdampak pada hubungan pribadi, kehidupan sekolah, atau pekerjaan secara negatif karena orang menjauhkan diri dari orang lain dan lingkungan sosial mereka. 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Gejala emosional

Gejala emosional kecanduan internet meliputi:

  • Kecemasan, ketakutan dan agitasi
  • Pertahanan diri
  • Tidak jujur
  • Kesepian dan depresi
  • Euforia saat menggunakan komputer
  • Perasaan bersalah
  • Ketidakmampuan untuk mengikuti jadwal
  • Isolasi
  • Perubahan suasana hati
  • Penundaan

Sementara gejala fisik dapat berupa:

  • Sakit punggung
  • Sindrom Terpal Carpal
  • Sakit kepala/insomnia
  • Sakit leher
  • Berat badan turun atau tambah
  • Kebersihan pribadi buruk
  • Masalah mata

Gangguan Kecanduan Internet sudah diakui Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders sebagai penyakit yang memerlukan penelitian lebih lanjut, namun, alat standar untuk mendiagnosis gangguan tersebut belum ditemukan.

Untuk mengobati gangguan ini, orang-orang hanya harus mengenali dulu kalau penggunaan internet yang berlebihan merupakan masalah.

Apabila penggunaan internet hubungan sosial dan kegiatan sehari-hari mengalami perubahan, sudah saatnya mencari nasihat profesional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid Belum Tersentuh di Puncak

Posted: 03 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid Real Madrid masih memuncaki klasemen Liga Spanyol hingga pekan ke-7. Los Galacticos -julukan Madrid- meraup 15 poin, hasil dari 4 menang dan 3 imbang.

Real Madrid sebetulnya mengawali musim ini dengan kurang menyenangkan. Pasukan Zinedine Zidane gagal menyapu bersih tujuh laga dengan kemenangan.

Namun demikian, Real Madrid belum pernah kalah. Di saat bersamaan, Barcelona yang menjadi rival mereka juga tersendat lajunya.

Blaugarana -julukan Barcelona- telah takluk dua kali dari tujuh pertandingan. Alhasil, mereka berada di peringkat ke-4 dengan 13 poin.

Kejutan justru diperlihatkan Granada. Biasa berkutat di papan bawah, Granada kali ini mengentak dengan menempati posisi runner up.

Tim asal wilayah Andalusia ini mengantongi 14 poin berkat 4 kemenangan, 2 hasil imbang dan sekali kalah. Di peringkat ketiga, ada Atletico Madrid dengan jumlah poin yang sama.

Berikut klasemen Liga Spanyol pekan ke-7 di mana Real Madrid duduk di puncak.

Klasemen Liga Spanyol

 

 

Jadwal Liga Spanyol Akhir Pekan Ini

Sabtu 5 Oktober 2019

02.00 WIB, Real Betis vs Eibar

18.00 WIB, Leganes vs Levante

21.00 WIB, Real Madrid vs Granada

23.30 WIB, Valencia vs Deportivo La Coruna

Minggu 6 Oktober 2019

02.00 WIB, Osasuna vs Villarreal

17.00 WIB, Mallorca vs Espanyol

19.00 WIB, Celta Vigo vs Athletic Bilbao

21.00 WIB, Real Valladolid vs Atletico Madrid

23.00 WIB, Real Sociedad vs Getafe

Senin 7 Oktober 2019

02.00 WIB, Barcelona vs Sevilla

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kontes Kecantikan Jadul yang Pernah Ada, Unik dan Super Aneh

Posted: 03 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada begitu banyak jenis kontes kecantikan saat ini. Setiap negara bahkan memiliki beberapa kontes kecantikan yang berbeda-beda.

Umumnya kontes kecantikan diselenggarakan setiap tahun. Tak hanya melihat kecantikan para kontestan, untuk menentukan pemenang kontes kecantikan para juri juga melihatnya dari kepribadian serta bakat para kontestan.

Kamu tentu tak asing dengan kontes kecantikan mulai dari Miss Universe hingga Miss World. Namun tahukah kamu, nyatanya kontes kecantikan sudah populer jauh sebelum kamu dilahirkan.

Melansir dari Bright Side, Jumat (3/10/2019), kontes kecantikan pertama kali diselenggarakan pada 1854 dan diprakarsai oleh Phineas Taylor Barnum. Sejak saat itu mulai bermunculan berbagai jenis kontes kecantikan lain.

Namun, tak hanya sekedar mencari siapa wanita tercantik, banyak pula kontes-kontes kecantikan yang justru unik dan tentu tak terbayangkan pernah ada sebelumnya. Penasaran seperti apa? Berikut potretnya:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

1. Kontes kaki terindah di tahun 1950-an, wajah kontestan sengaja ditutup agar penilaiannya fair

foto: Brightside

2. Kalau ini kontes mata terindah yang ada pada tahun 1930-an, wajahnya juga harus ditutupi lo

foto: Brightside

3. Kontes mata kaki terindah yang ada pada tahun 1933

foto: Brightside

4. Miss Subway pernah ada di tahun 1960

foto: Brightside

5. Tak hanya Miss Subway, tahun 1960 juga ada Miss NASA loh

foto: Brightside

Pada tahun 1930 bahkan ada kontes punggung terindah

foto: Brightside

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Alunan Musik Batak Berkelana Bersama Opung Marsius

Posted: 03 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Orang Batak patut bangga punya Marsius Sitohang (66). Dia merupakan seorang seniman tradisional cum dosen ilmu budaya Batak. Dengan bekal kemahiran meniup seruling tradisional Batak atau sulim, Marsius telah mengunjungi beberapa negara di benua Asia, Eropa, dan Amerika di sela-sela tugasnya menjadi staf pengajar di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.

Perjalanan hidup kakek kelahiran Palipi, Kabupaten Samosir ini telah membawanya melanglang buana karena keahliannya memainkan instrumen musik Batak Toba. Begitu pula dalam beberapa kesempatan ia dipercaya menggarap musik untuk pertunjukan Opera Batak.

Pada Rabu (2/10/2019) lalu, puluhan muda-mudi di Bandung cukup beruntung karena dapat berbagi ide dan bertukar ilmu seni tradisi bersama Opung Marsius.

Kegiatan yang dilaksanakan pada sore hari di Lakipadada Spot, dimanfaatkan sebagai tempat untuk berdialog. Pada kesempatan ini, turut hadir kelompok musik anak muda Batak, D'Bamboo.

Stacia Sitohang, penggagas acara tukar pengalaman bersama seniman Batak Marsius Sitohang menggiring perbincangan santai. Marsius pun menanggapi dengan gembira antusias muda-mudi yang merantau untuk mendengarkan musik Batak.

Marsius membagi beberapa cerita mengenai perkenalannya dengan musik. Ketika masih SD, ia belajar meniup seruling sambil menggembala kerbau. Pria yang hanya tamat kelas 2 ini kemudian mencoba masuk dalam grup Opera Batak.

"Dulu, waktu proses belajarnya tidak pakai metode seperti sekarang ini. Saya dengarkan lalu dicoba terus sampai akhirnya bisa masuk opera," katanya.

Marsius memutuskan keluar dari opera sekitar 1981. Ia tak sanggup melanjutkan kariernya bermusik karena kerap meninggalkan keluarga. Pada 1985 dia diminta untuk mengajar di USU. Selain itu, dia juga mengajar seni tradisi untuk difabel di Medan.

"Saya sekarang ini pengajar di USU jurusan Ilmu Budaya serta mengajar siswa tunanetra di salah satu SD di Medan. Saat berhenti dari opera itu, saya sempat jadi tukang becak. Saya mengajar bukan karena tamatan kuliah, tapi karena pengalaman bermusik hingga jadi dosen tetap di situ," ucapnya.

Marsius, meski dia tidak bisa membaca dan menulis, kini mengajar musik tradisional Batak Toba, di jurusan Etnomusikologi, USU. Di kampus negeri itu, ia mengajari mahasiswanya bermain alat musik tradisional Batak seperti Hasapi, Sulim, Serunai, dan banyak lagi.

Dia mengatakan, bahwa sangat penting bagi generasi muda Batak untuk mempertahankan keseniannya karena merupakan identitas mereka sebagai masyarakat Batak.

"Cita-citaku pada waktu mengajar itu bagaimanalah caranya agar kebudayaan berkembang. Kalau dinilai dari gaji saya mengajar, itu tidak sebanding. Namun pun begitu tujuan saya mengajar adalah agar seni tradisional ini bisa dipertahankan," ujar Marsius.

Dia menuturkan, sudah banyak orang mancanegara mulai berbagai belahan benua yang kini mahir memainkan alat musik Batak. Mereka sangat cepat mempelajari.

"Jadi, anak muda Batak jangan sampai kita belajar dari luar negeri. Kalau bisa supaya belajarlah pada budaya dan seni kita sendiri. Saya juga berharap orang tua mendukung kegiatan anaknya mempelajari budaya," harap Marsius.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Tampilkan Kolaborasi

Marsius Sitohang bersama D'Bamboo bakal tampil berkolaborasi di acara konser teatrikal yang digarap Stacia Sitohang. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sementara itu, vokalis D'Bamboo Bonggud Sidabutar mengakui eksistensi seni tradisi Batak mulai mengalami kemunduran sejak berkembangnya teknologi. Sadar bahwa pelestarian musik tradisional Batak mulai tergerus, Bonggud bersama kawan-kawannya membentuk D'Bamboo yang berusaha menghadirkan pertunjukan musik dengan menggunakan idiom musik tradisi Batak dan populer.

"Kebetulan dari kami berlima sedikit banyak fasik bermain alat musik tradisional walaupun yang murni hanya berdua. Kami juga termotivasi dengan maestro musik Batak seperti Opung Marsius ini," katanya.

D'bamboo yang bergenre World Music, lanjut Bonggud, ingin melestarikan serta mengangkat kembali eksistensi musik tradisional Batak ke kancah nasional maupun internasional dengan menggabungkannya dengan musik modern, agar kemasannya lebih menarik.

"Memang seni tradisi ini kelihatan kuno banget, tapi kita tidak bisa meninggalkan budaya sendiri. Kita terus belajar dan hadirnya D'Bamboo sendiri hadir agar generasi muda tertarik pada musik tradisional dan tidak lupa dengan budayanya sendiri," ucapnya.

Acara bertukar ide tentang musik Batak di Lakipadada Spot ditutup dengan penampilan Marsius bersama D'Bamboo. Namun, penampilan mereka selengkapnya akan tersaji pada Jumat (4/10/2019), di Gedung Tertutup Dago Tea House, pada pukul 18.30. Mereka akan tampil dalam acara konser teatrikal musik Batak yang disutradarai Stacia Sitohang.

"Melalui konser nanti, kami ingin menyampaikan pesan ke generasi muda agar mereka mau melihat kembali fundamental musik Batak," kata Stacia.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpinan MPR Bertambah, Sri Mulyani Masih Berhitung Soal Anggaran

Posted: 03 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah masih menghitung penambahan anggaran untuk 10 pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang baru saja ditentukan tadi malam. Anggaran penambahan tersebut akan menyesuaikan dengan kondisi anggaran saat ini.

"Jadi nanti kita akan lihat dari alokasi yang ada di dalam. Dan kalau itu memang sudah ada keputusannya mereka akan membuat formasi itu ya kita tambahkan anggarannya," ujar Sri Mulyani di Lapangan Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Sri Mulyani memastikan emerintah akan mengikuti keputusan politik yang sudah ditentukan MPR bersama seluruh anggotanya. Pihaknya juga masih menunggu pemberitahuan resmi dari Sekretaris Jenderal MPR terkait penambahan perangkat dan pimpinan.

"Kalau kita tentu mengikuti apa yang diputuskan di dalam lembaga-lembaga tinggi negara, alat kelengkapan, biasanya kalau dari sisi jumlah. Waktu itu sekretariat MPR sudah menginformasikan kepada kita mengenai kebutuhan anggaran yang mereka perlukan," jelas dia.

Tahun ini, MPR mendapat anggaran sebesar Rp 958,3 miliar. Dari jumlah itu, untuk pimpinan MPR pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 46 miliar.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, penambahan anggaran MPR akan mengikuti mekanisme yang ada. Meski demikian, dia belum dapat merinci tambahan anggaran untuk MPR.

"Nah belum tahu, karena harus diperhitungkan dulu oleh sekjen MPR. Mereka yang tahu hal itu dan belum pernah diinfokan ke Kemkeu persisnya," jelasnya.

Sebelumnya, Rapat Gabungan MPR dan DPD menyepakati sejumlah nama yang akan duduk di jajaran pimpinan MPR periode 2019-2024. Jumlah pimpinan MPR berjumlah 10 orang.

Semua fraksi sudah menyetorkan nama calon pimpinan. Nama-nama itu yakni Syarief Hasan dari Fraksi Demokrat, Ahmad Basarah dari Fraksi PDIP, Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS, Zulkifli Hasan dari Fraksi PAN, Bambang Soesatyo dari Fraksi Golkar, NasDem Lestari Moerdijat dari Fraksi NasDem, Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra, Arsul Sani dari Fraksi PPP, dan Fadel Muhammad dari Fraksi DPD.

Pimpinan sementara Abdul Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan, dalam rapat gabungan sudah mufakat tentang 10 nama pimpinan. Hanya tinggal memilih nama ketua saja yang belum disepakati.

"Nanti hasilnya itu dimusyawarahkan siapa yang dipilih akan jadi ketua. Itu saja. Tapi taulah orang yang ngomong ini kan bisa lima menit," kata Abdul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Setelah rapat gabungan, nantinya akan ada rapat lobi antar partai untuk menentukan Ketua MPR. Jika sudah ada nama ketua, baru dilakukan pelantikan pada pukul 19.00 WIB. "Penetapan pemilihan ketua dan pelantikan nanti malam," ucapnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Sah, Bamsoet Jadi Ketua MPR

Bamsoet atas nama pimpinan DPR RI juga menyampaikan rencana kegiatan dan perkembangan pelaksanaan tugas DPR.

Bambang Soesatyo akhirnya memimpin MPR, setelah Fraksi Gerindra di MPR menyatakan sepakat mendukung mantan Ketua DPR itu sebagai Ketua MPR. Artinya, pria yang karib disapa Bamsoet itu secara musyawarah mufakat terpilih menjadi Ketua MPR.

"Kami Fraksi Partai Gerindra sudah sepakat dan setuju mengusung Pak Bambang Soesatyo Ketua MPR RI periode 2019-2024," kata Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria dalam sidang paripurna MPR, Kamis (3/10/2019) malam.

Dia menegaskan dukungan fraksinya itu saat ditanya Ketua MPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe. Saat menyampaikan pernyataan fraksi, dia sempat menyinggung kesepakatan musyawarah mufakat.

"Demi untuk kepentingan yang lebih besar kepentingan bangsa negara, persatuan dan kesatuan dalam rangka menjaga marwah MPR kami mengedepankan musyawarah mufakat dan hasil konsultasi Bapak Prabowo Subianto dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, maka Pak Prabowo dan Ibu Megawati bersepakat untuk kepentingan yang lebih besar untuk terus menjaga MPR dalam memutuskan kebijakan penting dalam membangun bangsa dan negara," kata Riza.

Sebelumnya, Gerindra mengusung Ahmad Muzani jadi Ketua MPR. Namun, 8 fraksi dan DPD memberikan suaranya untuk Bambang Soesatyo.

Bahkan, Rapat Paripurna MPR dengan agenda penetapan Ketua MPR, Kamis malam ditunda sementara hingga pukul 21.00 WIB atas permintaan Fraksi Gerindra yang minta waktu sebelum pemilihan Ketua MPR.

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Nagih Utang Ini Drama Banget, Bikin Geregetan

Posted: 03 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang menagih utang, tentu bukan hal gampang. Selalu saja ada drama-drama yang sukses bikin geregetan. Mulai dari mendapatkan berbagai alasan tak masuk akal hingga tak bisa menghubungi karena di-block kontaknya.

Drama-drama menagih utang lewat chat ini kembali ramai dan menjadi bahan perbincangan di media sosial. Seperti unggahan akun @receh.id tentang chat menagih utang pada Jumat (4/10/2019). Postingan tersebut langsung ramai dan banyak dikomentari netizen.

"Kalo yg ngutang gini santet langsung aja lah biar cepet kelar." tulis akun @al_farisy9, Jumat (4/10/2019).

"harusnya adain undang2 soal perhutangan nih kalau yg ngutang lebih galak bisa kena hukuman pancung," tulis akun @jenabhendry1109, Jumat (4/10/2019).

Penasaran kan apa saja drama menagih utang melalui chat? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, chat menagih utang penuh drama, Jumat (4/10/2019).

1. Yang diutangin malah dikatain miskin, bikin emosi

6 Chat Nagih Hutang Ini Drama Banget, Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)

2. Kok malah sereman yang punya utang?

6 Chat Nagih Hutang Ini Drama Banget, Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)

3. Bulan depan terus, enggak ada ujungnya

6 Chat Nagih Hutang Ini Drama Banget, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/bukanbucind)

4. Berakhir dengan kontak di-block

6 Chat Nagih Hutang Ini Drama Banget, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/beneranguarobot)

5. Nyicil utang masih pakai negoisasi

6 Chat Nagih Hutang Ini Drama Banget, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/taefox1)

6. Selalu saja pintar mencari alasan

6 Chat Nagih Hutang Ini Drama Banget, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/edwardlukas96)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redmi 8 Bakal Rilis 9 Oktober

Posted: 03 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Redmi kembali menghadirkan smartphone terbaru. Setelah memulai debut Redmi 8A, kini giliran Redmi 8 yang akan segera menyusul.

Melansir GSM Arena, Jumat (4/10/2019), Redmi dilaporkan akan mengumumkan Redmi 8 pada 9 Oktober 2019. Hal ini diketahui dari twit perusahan di akun Twitter @RedmiIndia.

Redmi memang tidak mengungkapkan nama smartphone yang akan diumumkan. Namun pada twit tersebut terdapat gambar dua kamera menyerupai angka delapan, yang diyakini merujuk pada Redmi 8.

"Mi fans, ini saatnya menambahkan #BatteryCameraAction untuk perayaan Diwali kalian. Menghadirkan ponsel Redmi yang memiliki lebih banyak hal. Meluncur pada 9 Oktober 2019," tulis akun Redmi India.

Redmi sejauh ini belum memberikan bocoran spesifikasi Redmi 8. Menurut laporan, smartphone tersebut merupakan versi Redmi 8A dengan dua kamera belakang dan memiliki sensor sidik jari.

Bocoran Spesifikasi Redmi 8

Redmi 6A bersama boks (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Beberapa waktu lalu, beredar bocoran tentang spesifikasi Redmi 8. Smartphone tersebut dilaporkan memiliki layar dengan resolusi HD+ berukuran 6,21 inci. Bodi perangkat dibalur material plastik, serta terdiri dari tiga warna, yakni hijau, biru, dan hitam.

Smartphone ini diprediksi menggunakan Snapdragon 439, sama seperti Redmi 8A. Selain itu juga terdapat RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Beralih ke kamera, perangkat ini memiliki dua kamera belakang, yang masing-masing beresolusi 12MP dan 2MP (depth sensor). Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP.

Performa perangkat ini ditunjang baterai besar berkapasitas 5.000mAh. Redmi 8 akan hadir dengan port USB Type-C dan headphone jack 3,5mm.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rifat Umar Ditangkap Bersama Teman Wanitanya di Kamar Kos

Posted: 03 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap artis Rifat Umar di kamar kosan di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019). Rifat Umar diciduk polisi terkait dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

Dari penggeledahan di kamar kos Rifat Umar, polisi mengamankan barang bukti ganja yang ditempatkan ke beberapa wadah. Selain menyimpan ganja di tiga kertas, Rifat juga membagi ganja miliknya ke dalam empat plastik berukuran sedang, satu plastik klip berukuran besar, dan satu wadah kaleng.

Selain itu, ada juga barang bukti lain berupa satu set alat isap dan ponsel. "Ada tiga kertas isi ganja, empat plastik berisi ganja, satu wadah kaleng berisi ganja dan satu buah plastik klip berukuran besar berisi ganja, satu set alat hisap sabu dan sebuah ponsel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di kantornya, Kamis (3/10/2019).

Tak cuma itu, saat digerebek polisi, Rifat Umar tak sendirian. Ada teman wanitanya bernama Tessa Nur Aliyah, serta seorang pria bernama Rizki Ramadhan. Kabarnya, Tessa sudah cukup lama tinggal bersama Rifat di kosan tersebut.

"Saat diamankan, tersangka Rifat sedang bersama Tessa di kamar kos," jelas Kombes Pol Argo Yuwono.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Rifat Umar Ditangkap Terkait Narkoba dengan Teman Wanitanya (sumber: Instagram/@rifatsungkar93)

Simpang Siur

Rifat Umar Ditangkap Terkait Narkoba dengan Teman Wanitanya (sumber: Instagram/@rifatsungkar93)

Hanya saja belum diketahui pasti mengenai status hubungan keduanya. Informasi yang berembus juga simpang siur. Ada yang mengatakan Tessa hanyalah kerabat dari Rifat Umar, ada juga yang menyebutkan mereka memang berpacaran. 

Dugaan itu menguat bila dilihat dari unggahan foto kebersamaan Rifat Umar dan Tessa di Instagram. Sayangnya, ketika kasus ini ramai di media sosial, foto-foto mesra mereka mendadak hilang dari Instagram. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: OVO Jadi Unicorn Kelima di Indonesia

Posted: 03 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Visionet Internasional (OVO) menyandang gelar unicorn versi CB Insights. Menjadi unicorn kelima asal Indonesia dengan perkiraan valuasi mencapai US$2,9 miliar atau setara dengan Rp41 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Podcast Bola: Fenomena Marquez

Posted: 03 Oct 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Honda Repsol, Marc Marquez, sudah di ambang juara dunia lagi. Memimpin klasemen MotoGP dengan total 300 poin, pembalap asal Spanyol tersebut bukan tidak mungkin mengunci gelar juara musim ini pada seri MotoGP Thailand, Minggu (6/10/2019). 

Tidak harus finis terdepan di Sirkuit Buriram. Marquez hanya perlu menjaga perolehan poinnya tidak mampu terkejar lagi oleh rival terdekatnya, Andrea Dovizioso. Asal berada di depan Dovi, posisi kedua sudah cukup bagi Marquez untuk merebut gelar keenamnya itu.

Mampukah Marquez mengukir rekor enam gelar MotoGP di usia 26 tahun?  Lalu sampai kapan fenomena 'Baby Allien' ini akan terus mewarnai persaingan di arena MotoGP? 

Kami menghadirkan ulasan ringan mengenai hal ini lewat Podcast Bola Liputan6.com bersama wartawan Marco Tampubolon dan Defri Saefullah. Simak ulasannya lewat link di halaman berikutnya.

 

 

 

Podcast Liputan6, Fenomena Marquez

Podcast Liputan6.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Perubahan Sosial, Ada dari Luar dan Dalam Masyarakat

Posted: 03 Oct 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri di kehidupan bermasyarakat ini akan ada yang namanya perubahan-perubahan, baik yang menguntungkan maupun yang tidak menguntungkan. Di balik positif atau negatif perubahan tersebut, ada faktor penyebab perubahan sosial yang dialami sebelumnya.

Faktor penyebab perubahan sosial ini bisa terjadi akibat adanya sesuatu yang dianggap sudah tidak memuaskan lagi bagi masyarakat. Atau mungkin disebabkan adanya faktor-faktor baru yang oleh masyarakat dianggap memiliki manfaat yang lebih besar bagi kehidupannya.

Perubahan pasti akan selalu terjadi, baik secara disadari maupun tidak. Berikut ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial masyarakat yang secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu berasal dari dalam atau luar masyarakat. Ulasan ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2019).

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Intern

Faktor Penyebab Perubahan Sosial (AFP)

Faktor penyebab perubahan sosial intern merupakan perubahan yang bersumber dari dalam masyarakat itu sendiri. Ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial yang disebabkan oleh masyarakat, antara lain:

Perubahan Penduduk

Setiap masyarakat tentunya mengalami proses sosial di antaranya adalah interaksi sosial dan sosialisasi. Kedua kondisi ini baik cepat maupun lambat akan mengubah pola pemikiran dan tingkat pengetahuan yang akan lebih mempercepat proses perubahan.

Perubahan penduduk yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah akan mengakibatkan keramahtamahan semakin menurun, kelompok sekunder akan bertambah banyak, struktur kelembagaan menjadi lebih rumit, dan bentuk-bentuk perubahan yang lainnya.

Penemuan-penemuan Baru

Penemuan baru juga dapat memengaruhi perubahan sosial. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Penemuan baru ini berupa alat, gagasan, atau rangkaian ciptaan.

Penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention. Proses yang terjadi dalam discovery menjadi invention memerlukan waktu lama. Penemuan baru di dalam masyarakat didorong oleg beberapa faktor sebagi berikut:

- Kesadaran individu atau masyarakat berkaitan dengan keterbatasan fungsi nilai kebudayaan.

- Kualitas sumber daya manusia atau ahli untuk mengolah sumber daya alam dan teknologi.

- Muncul rangsangan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dalam masyarakat.

 

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Intern Lainnya

Konflik dalam Masyarakat

Faktor penyebab perubahan sosial lainnya adalah adanya konflik di dalam masyarakat. Adanya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat seperti perbedaan ciri-ciri fisik, kepentingan pendapat, status sosial ekonomi, suku bangsa, ras, agama, dan lain-lain seringkali memicu munculnya konflik.

Konflik dapat terjaid antarindividu, antarkelompk, antar individu dengan kelompok, dan antargenerasi. Sebagai proses sosial, konflik memang merupakan proses disosiatif, namun tidak selalu berakibat negatif.

Suatu konflik yang kemudian disadari akan memecahkan ikatan sosial biasanya akan diikuti dengan proses akomodasi yang justru akan menguatkan ikatan sosial. Jika demikian, biasanya akan terbentuk suatu keadaan yang berbeda dengan keadaan sebelum terjadi konflik.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Ekstern

bencana alam (sumber: Pixabay)

Faktor penyebab perubahan sosial ekstern merupakan perubahan masyarakat yang bersumber dari luar masyarakat itu sendiri. Faktor penyebab perubahan sosial tersebut seperti faktor alam yang ada di sekitar masyarakat berubah, adanya peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

Alam yang Ada di Sekitar Masyarakat Berubah

Faktor penyebab perubahan sosial dari luar bisa terjadi karena perubahan alam. Hal ini dikarenakan alam juga memiliki peranan yang snagat penting bagi kehidupan manusia.

Alam merupakan penyedia bahan-bahan makanan dan pakaian, penghasil tanaman, serta sumber kesehatan dan keindahan. Nah, pertambahan jumlah penduduk dan kemajuan teknologi lambat laun bisa merusak alam.

Jika jumlah penduduk semakin tinggi, maka akan semakin tinggi juga tekanan terhadap alam. Oleh karena itu, akan terjadi perusakan alam. Contoh dari faktor penyebab perubahan sosial yang disebabkan oleh alam seperti mengeringkan lahan pertanian untuk membangun rumah.

Padahal hal ini bisa mengakibatkan lahan pertanian menjadi menyempit, serta banyak petani yang kehilangan lahan untuk bertani dan terpaksa bekerja sebagai buruh pabrik atau pekerjaan yang lainnya.

Adanya Peperangan

Adanya peperangan di suatu wilayah juga menjadi faktor penyebab perubahan sosial. Hal ini mengakibatkan berubahnya kepribadian setiap individu sebagai anggota masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

Perubahan sosial karena peperangan ini bisa terjadi karena melibatkan seluruh komponen masyarakat dan akan membawa perubahan dalam masyarakat tersebut, baik besar maupun kecil.

Selain itu, akan membawa akibat yang berarti bagi masyrakat setempatnya. Hal ini terutama pada masyarakat yang kalah perang, karena adanya pemaksaan berbagai kebudayaan oleh negara yang menang perang.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Ekstern Lainnya

Pengaruh Kebudayaan

Pengaruh yang terjadi pada kebudayaan masyarakat lain adalah salah satu dari faktor penyebab perubahan sosial eksternal. Hal ini dikarenakan hubungan sosial selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat sehingga kebudayaan satu dengan kebudayaan lainnya bertemu dalam proses sosialm baik bertemunya tersebut secara asosiatif ataupun disosiatif.

Pertemuan dari dua kebudayaan atau lebih yang memiliki latar belakang berebda pada dasarnya menjadi faktor penyebab sosial budaya. Perubahan tersebut bisa dalam bentuk akulturasi ataupun dalam bentuk asimilasi.

Bencana Alam

Adanya bencana alam juga merupakan faktor penyebab perubahan sosial. Hal ini bisa terjadi karena dengan adanya bencana dalam suatu masyarakat akan mengubah segala bentuk struktur dan juga sistem hidup yang direncanakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Natal dan Tahun Baru, Pemda Diminta Jaga Pasokan Pangan

Posted: 03 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengajak pemerintah pusat dan daerah meningkatkan sinergi dalam menjaga kecukupan pasokan dan harga barang kebutuhan pokok (bapok) menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN).

Hal ini disampaikan Mendag dalam rapat koordinasi nasional barang kebutuhan pokok menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di kota Batu, Jawa Timur, pada hari ini, Jumat (4/10/2019).

"Dalam beberapa waktu ke depan, ada potensi kenaikan permintaan bapok pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Sementara kondisi cuaca masih belum kondusif untuk produksi pangan nasional. Untuk itu, perlu melakukan antisipasi kecukupan pasokan bapok di daerahnya masing-masing sejak dini," tutur Mendag.

Dia menyampaikan, Kemendag diberi mandat untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapok dengan target inflasi terkendali yaitu 3,5 persen.

Di sisi lain, Pemda sangat berkepentingan dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapok di daerah masing-masing. Terutama terkait dengan keterjangkauan harga, ketersediaan pangan masyarakat, serta kondusifnya iklim usaha bagi pelaku usaha pangan daerah.

"Agar masyarakat dapat memperoleh pangan dengan harga yang terjangkau, tersedia dalam jumlah yang cukup, dan pelaku usaha memperoleh keuntungan yang wajar," ujar Mendag.

 

 

Tantangan di Sektor Pangan

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita saat memberikan penjelasan kepada media di Jakarta, Rabu (6/2). Pada 2018, Mayora tercatat telah mengekspor 1.000 kontainer Torabika Cappuccino. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Enggar melanjutkan, saat ini pemerintah menghadapi tantangan yang perlu diantisipasi bersama. Salah satunya yaitu inflasi kelompok bahan makanan tahun 2019 yang cenderung naik dan musim kemarau panjang yang hampir merata di seluruh Indonesia.

Meskipun kelompok bahan makanan Agustus 2019 (MoM) mengalami deflasi 1,97 persen, namun secara keseluruhan inflasi sepanjang 2019 (YtD) tercatat sebesar 3,51 persen, tertinggi dibanding kelompok pengeluaran lainnya.

"Beberapa faktor utama penyebab naiknya inflasi tersebut adalah kenaikan harga bawang putih akibat gangguan pasokan impor dan cabe merah akibat faktor kemarau yang cukup panjang," kata dia.

Jadi, menurutnya, periode HBKN merupakan periode yang rawan mengalami gejolak harga, khususnya barang kebutuhan pokok akibat faktor peningkatan permintaan dari masyarakat.

"Ini tergambar dari tingkat inflasi bulanan pada puasa-Lebaran serta akhir tahun yang cenderung naik," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal vs Standard Liege: Emery Ungkap Alasan Pinggirkan Ozil

Posted: 03 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Pelatih Arsenal, Unai Emery, mengakui Mesut Ozil sebenarnya tidak pantas mendapat tempat di bangku cadangan saat timnya berjumpa Standard Liege di matchday kedua Liga Europa 2019-2020, Jumat (4/10/2019).

Arsenal pada pertandingan tersebut menang 4-0. Gol kemenangan The Gunners dilesakkan Gabriel Martinelli, Joe Willock dan Dani Ceballos.

Ozil sempat juga dikeluarkan dari skuat saat Arenal bermain imbang 1-1 dengan Manchester United pada Senin malam lalu. Dan, gelandang asal Jerman itu kembali tak didaftarkan Emery pada pertandingan dini hari tadi.

Ozil sebenarnya telah berlatih dengan rekan-rekan setimnya di Arsenal minggu ini. Secara keseluruhan pemain berusia 30 tahun itu, baru bermain 142 menit dalam dua penampilan musim ini.

"Sungguh saya berpikir setiap waktu untuk memutuskan pemain terbaik untuk setiap pertandingan dan pemain terbaik untuk dimainkan oleh tim dan [siapa yang] akan membantu kami," kata Emery setelah menang atas Standard Liege. "Ketika saya memutuskan dia tidak ada dalam skuad itu karena pemain lain lebih pantas mendapatkannya," kata pelatih Arsenal tersebut.

 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Kerja Keras

2. Mesut Ozil – Gelandang Arsenal ini ternyata mempunyai bakat sebagai Vlogger. Aktivitas sehari hari serta challenge merupakan konten yang biasa diupload di YouTube nya. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Ditanya apa yang harus dilakukan Ozil untuk kembali ke samping, Emery menjawab: "Terus bekerja. Besok kami memiliki pelatihan dengan para pemain yang tidak bermain," sarannya.

"Dan hari Minggu kami memiliki pertandingan lain dan kami akan memutuskan yang sama. Target kami adalah menang pada hari Minggu dan beradaptasi dengan kesulitan Bournemouth dan melanjutkan dengan cara yang sama di setiap pertandingan."

Disisihkan

Sebelumnya, Arsenal dikabarkan sudah mulai frustasi melihat kondisi Ozil. The Gunners diberitakan tengah mencari klub yang bersedia meminjam pemain asal Jerman itu di bulan Januari nanti.

Sejak musim lalu, nasib Ozil di Arsenal terluntang-lantung. Ia kerap disisihkan oleh Unai Emery setelah performanya yang tidak stabil di lini serang The Gunners.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua Idaman, Begini Momen 6 Seleb Tanah Air Saat Ajari Anak Belajar

Posted: 03 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orangtua mempunyai peran penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak, salah satunya dalam hal pendidikan. Hal ini juga disadari oleh para seleb Tanah Air. Walaupun memiliki kesibukan padat, mereka selalu meluangkan waktu untuk menemani dan mengajari anak belajar.

Salah satu seleb yang sedang ramai menjadi sorotan saat mengajari anak belajar adalah Sarwendah. Istri Ruben Onsu ini memang terkenal sebagai sosok ibu yang sederhana, penyayang, dan penuh perhatian.

Sebagai ibu, sikap yang Sawendah berikan pada anak-anaknya selalu jadi panutan dan sorotan publik. Termasuk pada anak angkatnya, Betrand Peto. Meski bukan anak kandungnya, Sarwendah tetap sayang dan memberikan perhatian penuh untuk sang anak.

Seperti pada foto yang di unggah Ruben Onsu pada Kamis (3/10/2019). Dalam foto tersebut Serwedah terlihat sedang mengajari Betrand belajar.

Banyak yang memuji Sarwedah adalah orangtua idaman. Tak hanya Sarwendah, berikut momen 6 seleb saat ajari anak belajar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2019).

1. Begini gaya totalitas daddy Glenn Alinskie saat mengajari Nastusha belajar. Glenn dan Chelsea Olivia memang sudah mengajarkan sang buah hati utnuk senang membaca sejak kecil.

Momen 6 Artis Ajari Anak Belajar (sumber: instagram/glennalinskie)

2. Mommy Sharena saat sedang mengajari Ry belajar. Ry sampai pakai kostum agar belajarnya makin asyik.

Momen 6 Artis Ajari Anak Belajar (sumber: instagram/mrssharena)

3. Walaupun sedang di luar, Sissy Priscillia tetap punya waktu untuk menemani belajar Mayka dan Mikkairo.

Momen 6 Artis Ajari Anak Belajar (sumber: instagram/mayk.kaio)

4. Kalau ini momen manis Bjorka lagi belajar sama Sabai, gemas banget ekspresinya.

Momen 6 Artis Ajari Anak Belajar (sumber: instagram/sabaidieter)

5. Walaupun sudah memiliki 4 anak, Zaskia Adya Mecca selalu mampu membagi waktu untuk mengajari anak-anaknya belajar.

Momen 6 Artis Ajari Anak Belajar (sumber: instagram/zaskiadyamecca)

6. Jadwal pekerjaan yang padat, Dude selalu menyempatkan diri belajar bersama putra sulungnya Rendra.

Momen 6 Artis Ajari Anak Belajar (sumber: instagram/dude2harlino)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AZ Alkmaar Vs MU: Solskjaer Geram Tak Dapat Penalti

Posted: 03 Oct 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Alkmaar - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer kembali dikecewakan oleh keputusan wasit. Kali ini, manajer asal Norwegia itu kecewa karena MU tak dapat penalti saat imbang melawan AZ Alkmaar di Liga Europa, Jumat (4/10/2019) dinihari WIB di Cars Jeans Stadion.

"Anda tak dapat membuat kesalahan di sepak bola. Hakim garis melihat langsung tekel kepada Marcus Rashford dan bek lawan langsung menarik kembali kakinya," ujar Solskjaer seperti dilansir Skysports.

"Jadi, itu adalah keputusan yang buruk, tetapi tidak ada gunanya mengeluh. Kadang, keputusan ada yang merugikan Anda," katanya menambahkan.

Tekel yang dimaksud Solskjaer terjadi di menit ke-80. Menurut Solskjaer, bek Alkmaar, Stijn Wuytens telah menekel keras Marcus Rashford dalam kotak terlarang.

Sayangnya, wasit punya pendapat lain. Di sisa 10 menit laga, MU dan Alkmaar gagal menciptakan gol sehingga laga berakhir imbang.

Hasil imbang melawan Alkmaar membuat MU menempati peringkat kedua di grup L Liga Europa 2019/20 dengan 4 poin. Tiga poin sebelumnya diraih MU saat menaklukkan Astana 1-0 di laga perdana.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Hasil Bagus

Manager Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (AFP/Ian Kington)

Meski gagal menang, Solskjaer menilai satu poin yang diraih sudah cukup. Pasalnya, Alkmaar juga memberikan perlawanan sengit.

Selain itu, kata Solskjaer, para pemain MU juga harus bermain di atas rumput sintetis yang menyulitkan. "Ini satu poin yang bagus di laga tandang, melawan tim dan lapangan yang menyusahkan," kata Solskjaer.

"Tentu saja, sehaursnya kami menang. Saya menyerah membicarakan penalti yang seharusnya kami dapatkan, saat melawan Arsenal dan sekarang," ujar pelatih berusia 46 tahun itu mengakhiri.

Klasemen Grup L Liga Europa

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal vs Standard Liege: Gabriel Martinelli, Striker Muda The Gunners Penggemar Cristiano Ronaldo

Posted: 03 Oct 2019 09:35 PM PDT

London - Gabriel Martinelli menyita perhatian saat membantu Arsenal menang 4-0 atas Standard Liege di Liga Europa. Striker berusia 18 tahun itu mencetak dua gol tersebut hanya dalam jangka waktu tiga menit.

Laga melawan Standard Liega adalah kali kedua bagi Martinelli menjadi starter di Arsenal. Ia tidak menyia-nyiakan kesempatannya untuk menunjukan taji.

Dua kali menjadi starter, Martinelli sudah mencetak empat gol. Hal itu membuat Martinelli diyakini akan menjadi bintang besar pada masa mendatang.

Ketika Arsenal mendatangkannya dari Ituano pada bursa transfer musim panas 2019, tidak banyak yang tahu siapa itu Martinelli. Hal itu membuat manajemen Arsenal pertanyaan diberondong pertanyaan.

Namun, tak ada yang menyangka kalau Martinelli pernah menjalani trial bersama Manchester United pada 2015. Namun, Manchester United memutuskan untuk mengembalikannya ke Brasil.

Martinelli baru mendapatkan kesempatan tampil di kompetisi non-Premier League. Keikutsertaan Arsenal di Liga Europa dapat menjadi hal yang positif, karena bisa memberikan wadah bagi para pemain muda untuk merasakan pengalaman bermain.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Penggemar Cristiano Ronaldo

Pemain Arsenal asal Brasil, Gabriel Martinelli. (Twiter/Arsenal)

Martinelli mengakui kalau ia sangat menggemari Cristiano Ronaldo. Karena itu, ia memilki karakter bermain yang mirip dengan Ronaldo.

Sebenarnya, Martinelli adalah atlet futsal. Ia memulai karier di klub futsal Corinthians pada 2010.

Ia menjalani karier sebagai pemain futsal hingga 2014. Setelah itu, ia beralih ke sepak bola dan bergabung ke Ituano setelah menjalani trial di Manchester United dan Barcelona.

Arsenal memboyongnya dari Ituano dengan nilai transfer mencapai 6,7 juta euro. Investasi yang dilakukan Arsenal diharapkan dapat membuahkan hasil.

Disadur dari Bola.com (Penulis Aditya Wicaksono / Wiwig Prayugi, Published 04/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan Ini Ampuh Melawan Migrain, Nomor 4 Mudah Didapat

Posted: 03 Oct 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Migrain adalah jenis sakit kepala yang dirasakan di satu sisi. Penyakit ini bisa tiba-tiba datang dan menjadi pengganggu hari yang baik.

Migrain kepala sendiri terkadang sulit dihilangkan, mungkin bisa hilang dengan obat migrain, tapi obat-obatan hanya bersifat sementara, yang artinya bisa saja sakit kepalanya akan kembali.

Namun, terdapat makanan-makanan yang ternyata jika sering dikonsumsi bisa membantu melawan penyakit migrain yang sering menyerang kita.

Dikutip melalui Brightside, Kamis (3/10/2019) inilah enam makanan yang bisa membantu untuk melawan penyakit migrain.

1. Alpukat

ilustrasi alpukat/copyright shutterstock

Alpukat ternyata bisa melawan migrain, karena buah ini mengandung serta kaya akan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin.

Buah ini tidak hanya bisa untuk menghilangkan sakit kepala, tapi juga bisa mencegahnya untuk kembali datang lagi.

2. Salmon

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Salmon diketahui penuh dengan asam lemak omega-3 dan vitamin B-2. Dengan mengonsumsi salmon bisa mencegah trombosit yang menggumpal, hal ini yang biasanya bertanggung jawab atas seringnya sakit kepala yang menyerang.

Selain itu salmon sama seperti alpukat, bisa mencegah untuk melawan migrain berkelanjutan.

3. Ubi Jalar

Ilustrasi ubi jalar (iStock)

Tidak hanya rasanya yang enak dan manis, ubi jalar juga bisa melawan migrain.

karena umbi ini kaya akan vitamin C, vitamin B1, dan potasium. Dengan mengonsumsi ubi jalar saat terserang sakit kepala bisa menguranginya dan bahkan lebih menenangkan tubuh.

4. Semangka dan Wortel

Berikut enam manfaat semangka untuk kecantikan kulit yang belum diketahui masyarakat luas. (Foto: iStockphoto)

Mengonsumsi makanan seperti semangka, wortel, mentimun, dan seledri bisa membantu untuk memberikan air ke dalam tubuh kita. Karena makanan-makanan tersebut mengandung air yang cukup banyak.

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala, pastikan untuk selalu terdehidrasi.

5. Yogurt

Ilustrasi yogurt (sumber: iStockphoto)

Menurut penelitian, riboflavin, bagian dari vitamin B, paling efektif melawan migrain dan yogurt kaya akan riboflavin. Konsumsilah yagurt saat diet, karena akan membantu menghilangkan sakit kepala dan tetap member nutrisi untuk tubuh.

6. Lemon

Kulit lemon adalah gudang Vitamin c oleh karena itu mereka dapat membantu untuk memberikan cahaya yang bagus untuk kulit. (foto: Istockphoto)

Jus lemon mengandung vitamin C yang tinggi, dan dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan dan memerangi migrain.

Jika kita merasakan sakit kepala yang berlebih, silakan campurkan air dengan lemon dan tambahkan dua sendok garam. Hal ini akan mengurangi peradangan di kepala dan membuat tubuh terasa lebih baik.

 

Reporter: Windy Febriana

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Champions: Real Madrid dan Inter Milan Terpuruk

Posted: 03 Oct 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pekan kedua Liga Champions 2019/20 sudah selesai pada Rabu (2/10/2019) atau Kamis dini hari WIB. Hasil minus diraih Real Madrid, Tottenham Hotspur, dan Inter Milan.

Real Madrid, tim yang sudah memenangkan gelar Liga Champions sebanyak 13 kali itu hanya bermain imbang 2-2 kala menjamu Club Bruges di Stadion Santiago Bernabeu. Ini menjadi poin pertama Real Madrid di Liga Champions.

Sebelumnya, Los Blancos, sebutan Real Madrid, menelan kekalahan 0-3 dari Paris Saint-Germain (PSG), 19 September lalu. Dengan mengemas 1 poin, Real Madrid berada di dasar klasemen Liga Champions Grup A, kalah selisih gol dari Galatasaray.

Hasil buruk diraih runner up Liga Champions musim lalu, Tottenham Hotspur. Tim asal London tersebut kalah 2-7 dari tamunya, Bayern Munchen di Tottenham Hotspur Stadium.

Sementara di Camp Nou Stadium, Inter Milan menelan kekalahan. Inter Milan yang meraih enam kemenangan beruntun di Serie A kalah 1-2 dari Barcelona.

Lihat klasemen Liga Champions Grup A hingga H di halaman berikut.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Grup A

Klasemen Liga Champions Grup A. (UEFA)

Grup B

Klasemen Liga Champions Grup B. (UEFA)

Grup C

Klasemen Liga Champions Grup C. (UEFA)

Grup D

Klasemen Liga Champions Grup D. (UEFA)

Grup E

Klasemen Grup E

Grup F

Klasemen Liga Champions Grup F. (UEFA)

Grup G

Klasemen Liga Champions Grup G. (UEFA)

Grup H

Klasemen Liga Champions Grup H. (UEFA)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Manufaktur AS Lesu, Rupiah Menguat ke 14.135 per Dolar AS

Posted: 03 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Jumat pekan ini. Tak hanya rupiah, sejumlah mata uang di kawasan Asia juga perkasa terhadap dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Jumat (4/10/2019), rupiah dibuka di angka 14.150 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di angka 14.172 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.124 per dolar AS hingga 14.150 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,78 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.135 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.193 per dolar AS.

"Rupiah diperkirakan bergerak menguat tipis seiring pelemahan dolar terhadap mata uang lain di asia. Dollar index tercatat 98.8 menurun tipis dari level tertinggi diatas 99.2," ujar Pengamat Ekonomi Indef Bhima Yudhistira saat berbincang denga Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Menurut dia, dari faktor eksternal dipengaruhi pelambatan rilis data sektor manufaktur AS sehingga investor kembali masuk ke negara berkembang.

"Kekhawatiran memburuknya ekonomi AS justru untungkan aliran dana asing jangka pendek," kata dia.

Sementara dari dalam negeri, ada sentimen positif dari upaya menteri perdagangan merevisi aturan yg menghambat ekspor. Tapi perlu diwaspadai prarilis pertumbuhan ekonomi kuartal III 2019 diperkirakan rupiah kembali terkoreksi.

"Ini karena eskpektasi pertmbuhan cenderung melambat karena instabilitas politik dan tekanan industri manufaktur," tanda dia.

Ekonomi AS Tumbuh, Rupiah Tertekan ke 14.197 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali bergerak melemah pada perdagangan Jumat ini.

Mengutip Bloomberg, Jumat (27/9/2019), rupiah dibuka di angka 14.188 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.165 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.188 per dolar AS hingga 14.197 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,38 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.197 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.162 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan melemah pasca rilis data pertumbuhan ekonomi AS.

"Perkembangan ekonomi AS masih terlihat solid dan belum menunjukkan potensi resesi yang kuat," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

Pengumuman ke-3 angka pertumbuhan ekonomi AS untuk triwulan II 2019 tercatat 2 persen (yoy), tidak berubah dari pengumuman ke-2 sebelumnya, namun melambat dibandingkan triwulan I 2019 yang tercatat 3,1 persen (yoy).

Perlambatan tersebut karena turunnya belanja konsumsi personal (personal consumption expenditure) dan ekspor.

Lana memperkirakan nilai tukar rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.150 per dolar AS hingga 14.180 per dolar AS.

"Pagi ini mata uang kuat Asia dolar Hong Kong dan dolar Singapura dibuka melemah terhadap dolar AS, yang bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah, tetapi kemungkinan rupiah justru akan menguat secara teknikal karena sudah melemah tiga hari berturut-turut," kata Lana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: SuperM, Avengers dari Korea Selatan Bersiap Guncang Hollywood

Posted: 03 Oct 2019 09:30 PM PDT

Personel SuperM, Kai saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood, Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan debut di Capitol Records Tower di Los Angeles pada 5 Oktober 2019. (VALERIE MACON/AFP)

Personel SuperM, Kai saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood, Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan debut di Capitol Records Tower di Los Angeles pada 5 Oktober 2019. (VALERIE MACON/AFP)

Grup idola K-Pop, SuperM saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood pada Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan membuat debut Hollywood mereka pada minggu ini. (VALERIE MACON/AFP)

Grup idola K-Pop, SuperM saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood pada Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan membuat debut Hollywood mereka pada minggu ini. (VALERIE MACON/AFP)

Personel SuperM, Mark saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood, Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan debut di Capitol Records Tower di Los Angeles pada 5 Oktober 2019. (VALERIE MACON/AFP)

Personel SuperM, Mark saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood, Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan debut di Capitol Records Tower di Los Angeles pada 5 Oktober 2019. (VALERIE MACON/AFP)

Grup idola K-Pop, SuperM saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood pada Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan membuat debut Hollywood mereka pada minggu ini. (VALERIE MACON/AFP)

Grup idola K-Pop, SuperM saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood pada Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan membuat debut Hollywood mereka pada minggu ini. (VALERIE MACON/AFP)

Personel SuperM, Lucas saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood, Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan debut di Capitol Records Tower, Los Angeles pada 5 Oktober 2019. (VALERIE MACON/AFP)

Personel SuperM, Lucas saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood, Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan debut di Capitol Records Tower, Los Angeles pada 5 Oktober 2019. (VALERIE MACON/AFP)

Grup idola K-Pop, SuperM saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood pada Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan membuat debut Hollywood mereka pada minggu ini. (VALERIE MACON/AFP)

Grup idola K-Pop, SuperM saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood pada Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan membuat debut Hollywood mereka pada minggu ini. (VALERIE MACON/AFP)

Personel SuperM, Taeyong saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood, Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan debut di Capitol Records Tower, Los Angeles pada 5 Oktober 2019. (VALERIE MACON/AFP

Personel SuperM, Taeyong saat konferensi pers di Capitol Records Tower, Hollywood, Kamis (3/10/2019). Boyband beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Mark dan Taeyong NCT, serta Lucas dan Ten WayV itu akan debut di Capitol Records Tower, Los Angeles pada 5 Oktober 2019. (VALERIE MACON/AFP

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Ribu Warga Bakal Terdampak Pergantian Pipa PDAM di Jalan Wonokromo Surabaya

Posted: 03 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 15.000-20.000 warga Surabaya akan terkena dampak rehabilitasi pipa berdiameter  450mm di Jalan Wonokromo Surabaya, Jawa Timur mulai Jumat malam 4 Oktober 2019 hingga Sabtu pagi 5 Oktober 2019.

PDAM Surya Sembada mengganti pipa berdiameter 450 mm di frontage road Wonokromo Surabaya. Manajer Tata Usaha dan Humas PDAM Surabaya Adi Nugroho menuturkan, pergantian pipa ini sekaligus pergeseran. Ini sebagai bentuk dukungan PDAM untuk program pemerintah dalam hal pelebaran jalan.

"Pipa PDAM ada di atas permukaan tanah. Kalau enggak kita geser akan menganggu pelebaran jalan. Sekitar 15.000-20.000 warga terdampak," ujar Adi saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (4/10/2019).

Jadwal pengerjaan penggantian pipa tersebut dilakukan pada Jumat, 4 Oktober 2019 pukul 22.00 WIB-Sabtu, 5 Oktober 2019 pada pukul 10.00 WIB. Daerah terdampak penggantian pipa ini antara lain Pagesangan, Menanggal, Gayungan, Gayungan Kebonsari, Injoko, Ketintang dan wilayah sekitarnya.

PDAM Surabaya pun mengimbau masyarakat untuk menampung air sebagai antisipasi. Selain itu, PDAM juga akan menyediakan air tangki gratis untuk warga terdampak. Satu tangki untuk 5-7 kepala keluarga yang bisa dipesan melalui call center 0800-192-6666.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Perbaikan Pipa di Jalan Kyai Amir

Pemindahan utilitas di bawah Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kuarniawan)

Selain itu, PDAM Surabaya juga sedang memperbaiki pipa bocor diameter 250 mm di Jalan Kyai Amir, Manukan. Saat ini petugas PDAM sedang berupaya untuk segera menyelesaikan pekerjaan itu. Pekerjaan tersebut diperkirakan selesai pada Jumat 4 Oktober 2019 pukul 13.00 WIB.

Akibat kebocoran pipa ini, air tidak mengalir di kawasan Balongsari, Bibis Tama, Sikatan, Manukan Kulon, Buntaran, Banjarsugihan, Kandangan, Klakah Rejo, Sememi, Pakal, Benowo, Sumberrejo, Bumi Indah, Candi Lempung, Candi Lontar, Lempung Perdana dan wilayah sekitarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coursera Perluas Katalog Kursus Online

Posted: 03 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia layanan kursus dan kelas online Coursera, merilis program Coursera for Campus.

Program ini dirancang untuk membantu universitas, bahkan universitas yang bukan mitra Coursera, untuk menambah penawaran kursus dan kelas mereka dengan konten kelas online dari Coursera.

Perguruan tinggi mitra mendapatkan akses ke lebih dari 3.600 program kelas online yang dapat mereka integrasikan ke kurikulum untuk mahasiswa, fakultas, dan staf.

Perusahaan mengatakan Coursera for Campus telah diujicobakan di lebih dari 20 universitas secara global, termasuk Duke University, University of Illinois, dan Manipal Academy of Higher Education.

"Ratusan juta pencari kerja akan memasuki dunia kerja di tahun-tahun mendatang, tetapi [lembaga] pendidikan tinggi di banyak negara [merasa] sulit untuk memberikan keterampilan yang dibutuhkan mahasiswa di zaman kecerdasan buatan dan automatisasi," kata CEO Coursera Jeff Maggioncalda, dikutip dari Venture Beat, Jumat (4/10/2019).

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Imbangi Kebutuhan Pengusaha

Pilihan kursus dan kelas di Coursera meliputi berbagai bidang, yakni teknik, bisnis, ilmu data, hukum, kesehatan, seni, dan desain.

Semua kursus dan kelas di bidang itu dapat ditawarkan universitas secara langsung. Atau universitas juga bertukar kursus dan kelas dengan universitas atau lembaga lainnya di katalog Coursera.

Selain pilihan kursus dan kelas belajar, pengguna Coursera for Campus juga dapat memakai alat penilaian dan pembuatan konten yang Coursera sediakan, termasuk dasbor analitik seperti Course Progress, Skill Index, dan Coursera Labs. Adapun fakultas, mereka dapat menerbitkan pelajaran privat, proyek langsung, penilaian, dan kelas untuk mahasiswa dan alumni.

Coursera for Campus, menurut Jeff, "memberi universitas kemampuan untuk dengan cepat menanggapi tuntutan ekonomi yang berubah dengan cepat. Dengan akses terhadap konten dari dua ratus universitas terbaik dunia dan praktisi industri, lembaga pendidikan tinggi dapat dengan mudah meningkatkan kurikulum yang ada dengan keterampilan digital yang kritis dan kursus online untuk mengimbangi apa yang dibutuhkan pengusaha."

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Hilang, Uang Rp 200 Juta Milik Iis Dahlia Dikembalikan Pihak Hotel

Posted: 03 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Iis Dahlia diketahui sempat kehilangan sejumlah uang yang disimpannya di brankas kamar hotel di London, Inggris. Tak tanggung-tanggung, nominal uang yang hilang adalah $ 15.000, jika dirupiahkan setara dengan Rp 211,9 juta.

Untungnya, uang Iis Dahlia yang hilang itu sudah diganti oleh pihak hotel tempatnya menginap. Hal itu disampaikan oleh Iis Dahlia melalui unggahan di Instagram pada Kamis (3/10/2019). Dari masalah ini, Iis Dahlia berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Alhamdulillah @hrh.london had given back our money that we lost in the hotel ($15000) we hope there won't be anymore loss like we experienced," tulis Iis Dahlia.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini

Ucapan Terima Kasih

Unggahan Iis Dahlia. (instagram.com/isdadahlia)

Iis Dahlia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan doa dan dukungan. Khususnya kepada tim KBRI London yang juga membantunya.

"We'd like to thank everyone who prayed for us in the tough times..🙏🙏 Thank you for the attention and time the ambassador (pak Rizal )and KBRI team @kbrilondon (pak Gulfan and pak Jaki )has given to represent us in this caseTerima kasihhhh 🙏🙏🙏🙏," lanjut Iis Dahlia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hingga Pagi Ini, Asap Masih Selimuti Palembang

Posted: 03 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hujan yang sempat turun di Palembang tidak mengurangi tebalnya kabut asap. Hingga pagi ini langit Palembang masih diselimuti asap yang membuat warga alami gangguan napas dan penglihatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maskot AZ Alkmaar Bikin Daniel James Dibanjiri Komentar Lucu

Posted: 03 Oct 2019 09:20 PM PDT

Den Haag - Winger Manchester United (MU) Daniel James terlihat canggung saat perkenalan pemain sebelum laga melawan AZ Alkmaar di Liga Europa, Jumat (4/10/2019) dini hari WIB. Pemain berpaspor Wales itu mendapat maskot yang lebih tinggi darinya saat MU melawat ke kandang AZ Alkmaar pada matchday kedua Grup L.

Sontak peristiwa ini mendapat perhatian dari warganet. Pada media sosial Twitter, para netizen langsung membanjiri dengan komentar lucu untuk Daniel James.

Seorang pengguna media sosial mengatakan: "Daniel James diberi maskot tertinggi dalam pertandingan United melawan AZ Alkmaar malam ini. Anda hampir tidak bisa melihatnya."

Fan lain juga bikin komentar menggelitik. "Siapa yang menugaskan maskot ini adalah lelucon manis dengan memberi Daniel James yang tertinggi,"

Ada juga yang berkomentar singkat tapi kocak. "Momen canggung Daniel James ketika maskot lebih tinggi dari pemain...."

Satu orang bahkan menyindir, meski tetap lucu. "Rekan setim James pasti membayar seorang anak berusia 32 tahun untuk berpakaian seperti maskot hanya untuk mengacaukannya".

Terlepas dari itu, pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1. Daniel James hanya bermain selama 63 menit, sebelum digantikan Marcus Rashford.

Bukan Kali Pertama

3. Daniel James (Manchester United) - Masuk sebagai pengganti saat melawan Chelsea dirinya langsung berhasil mencetak gol. Setelahnya pria asal Wales ini selalu dipercaya sebagai pemain inti dan pekan lalu kembali mencetak gol. (AFP/Oli Scarff)

 

Ini bukan kali pertama Daniel James berkaitan dengan maskot. Pada 31 Juli 2019, ia pernah memposting unggahan di media sosial Twitter miliknya terkait maskot klub.

"Bangga saat berjalan-jalan bersama tim kemarin sebagai maskot klub" tulis Daniel James.

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto / Editor Yus Mei Sawitri, Published 04/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kilas Balik Masa Lalu, Nidji Pernah 3 Tahun Ditolak Perusahaan Rekaman

Posted: 03 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu band sukses di Tanah Air, perjuangan Nidji menuju puncak popularitas rupanya melewati jalan panjang. Gitaris Nidji, Ramadhista Akbar, berbagi kenangan kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Sebelum menuju studio rekaman dan teken kontrak dengan perusahaan rekaman Musica Studios, Nidji sempat tiga tahun terkatung-katung. Rama bercerita kala itu Nidji mengirim demo rekaman ke sejumlah major label, tapi berakhir dengan penolakan.

"Alat atau instrumen musik zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Kedua orang tua saya berprofesi sebagai dokter dan insinyur. Mereka tidak mendukung saya bermusik. Namun saya buktikan saya bisa sukses di musik," ungkap Rama Nidji yang jadi narasumber di program Erlangga Talent Week 2019.

Saat itu, orang tua minta Rama menyelesaikan pendidikan. "Selama bermusik, saya buktikan bisa menyelesaikan pendidikan. Bakat yang saya pilih tidak salah. Hasilnya orang tua bahagia dan saya mendapat yang saya mau," ucap Rama.

Titik cerah dalam karier Nidji terlihat saat Musica Studios memberikan kesempatan merilis album perdana, Breakthru. Album ini memfiturkan sejumlah hit besar seperti "Sudah," "Bila Aku Jatuh Cinta," dan "Kau dan Aku."

Album ini terjual setengah juta kopi lebih. Setahun kemudian, album Top Up meledak bersama hit "Biarlah." "Jauh sebelum kesuksesan itu, selama tiga tahun kami bikin lagu, bikin demo, dikirim ke perusahaan rekaman lalu berujung surat berisi penolakan bahwa Nidji tidak bisa gabung di label anu," kenang Rama.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Tak Instan

Nidji (Deki Prayoga/Fimela.com)

Kisah pahit itu tak menyurutkan langkah para personel Nidji meraih mimpi. Kegagalan dan penolakan bagaikan cambuk pemantik semangat serta motivasi.

"Jadi selama tiga tahun kami patungan. Kerjaannya latihan musik dan bikin lagu melulu. Tidak instan prosesnya. Kami berusaha, akhirnya ada satu perusahaan rekaman yang tertarik dengan musik kami. Lalu kami terjun ke industri musik. Hingga sekarang," pungkas Rama. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Sebut Direktur BUMN yang Korupsi Sebagai Pengkhianat

Posted: 03 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati angkat suara terkait semakin banyaknya direktur Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aksi korupsi dinilai merupakan suatu pengkhianatan terhadap negara.

"Itu adalah sesuatu yang saya sebut memang, selama ini di Kemenkeu pun kalau kejadian seperti itu saya anggap itu adalah suatu pengkhianatan," ujar Sri Mulyani di Lapangan Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (2/10/2019).

Korupsi dianggap membuat masyarakat menilai semua institusi negara sama buruknya. Padahal, tidak semua lembaga, kementerian, ataupun perusahaan milik negara yang melakukan tindakan curang untuk mendapat keuntungan.

"Ini tidak menjadi sesuatu yang sifatnya repetitif atau yang kemudian menimbulkan persepsi seolah-olah semua institusi sama. Ini, kan, merupakan suatu reputasi yang berat. Buat mereka yang jujur, mereka yang komit itu merupakan sesuatu penghianat. Jadi, mereka merasa bahwa apa yang telah mereka lakukan dengan baik mudah sekali hancur reputasinya," ucap Sri Mulyani.

Untuk itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut berharap peranan pengawasan di kementerian, lembaga atau BUMN harus ditingkatkan. Sehingga perilaku koruptif bisa ditekan agar tidak merugikan negara.

"Pertanyaan pertama kenapa di dalam sistemnya tidak bisa dideteksi? karena tentu berharap itu adalah sesuatu yang perlu diperkuat peranan dari di kita. Kalau masing-masing itu kepatuhan internalnya bahkan sampai irjennya, di korporasi pasti ada itu," dia menandaskan.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber; Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

 

Jadi Tersangka Korupsi, Menteri BUMN Berhentikan Dirut PT INTI

Direktur PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) Darman Mappangara berada di ruang tunggu KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Darman diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap proyek pengadaan pekerjaan baggage handling system (BHS) di 6 bandara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kementerian BUMN menyatakan memberhentikan tugas Direktur Utama (Dirut) PT INTI (Persreo) Darman Mappangara pada hari ini, Kamis (3/10/2019).

Posisi Darman akan dicopot setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkannya sebagai tersangka pada kasus suap pengadaan proyek Baggage Handling System (BHS) pada Rabu kemarin.

Sekretaris Menteri BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan, keputusan ini diambil agar Darman dapat berfokus terhadap kasus hukum yang tengah menjeratnya.

"Kita segera siapkan pemberhentian yang bersangkutan agar yang bersangkutan bisa fokus dengan kasus hukum di KPK yang sedang dihadapinya," ujar Imam, Kamis (3/10/2019).

Dia pun menyampaikan, proses pencopotan jabatan akan dilakukan pada hari ini. Sebagai pengganti, posisi Darman akan diisi oleh Pelaksana tugas (Plt) yang dapat ditunjuk oleh dewan komisaris (dekom) PT INTI.

Meski begitu, Imam belum dapat menyebutkan siapa tokoh yang diberi tugas untuk menjadi Plt Dirut tersebut.

"Sementara nunjuk Plt (bisa dekom yang nunjuk). Sambil Kementerian BUMN mempersiapkan proses fit n proper test untuk dirut definitif," jelas Imam.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Real Madrid Diselidiki UEFA Terkait Tindakan Indisipliner

Posted: 03 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Nyon - Real Madrid adalah satu dari enam klub yang akan mendapat peninjaun dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) terkait tindakan indisipliner di pertandingan kedua fase grup Liga Champions 2019-2020. UEFA menyebut ada beberapa insiden yang terjadi di sejumlah pertandingan.

Seperti dilansir Reuters, Real Madrid didakwa atas keterlambatan kick-off pada pertandingan melawan Club Brugge, Selasa lalu. Laga itu sendiri berakhir imbang 2-2 di Santiago Bernabeu.

Selain itu, klub Belgia yang jadi lawan Madrid, juga akan mendapat pengawasan. Itu setelah gelandang Club Brugge, Ruud Vormer, diusir dari lapangan setelah menerima kartu kuning kedua. Ia juga diduga menggunakan bahasa kasar terhadap pejabat pertandingan.

Tim lain yang didakwa oleh UEFA adalah Manchester City dan Dinamo Zagreb. Kedua tim akan dinilai sehubungan dengan sikap para penggemarnya selama pertandingan.

Fans Manchester City dan Dinamo Zagreb melempar benda-benda selama pertemuan mereka di Stadion Etihad pada Selasa malam. Bahkan, klub Kroasia itu juga didakwa atas kelakuan pendukung mereka yang menyebabkan kerusakan pada kursi di stadion.

City menang 2-0 dalam pertandingan itu. Sebaliknya, seperti catatan Opta, Real Madrid menuai start terburuknya setelah menjalani dua laga tanpa kemenangan.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Spanduk Rasis

Reuters juga menambahkan bahwa Olympiakos didakwa setelah penggemar mereka membentangkan spanduk yang dinilai UEFA rasis. Olympiakos kalah 1-2 di Red Star Belgrade. Mereka juga dituduh menunda kickoff.

Sedangkan, klub Serbia juga mendapat dakwaan tambahan. Pasalnya, lima pemain mereka, termasuk dua pemain pengganti, diganjar kartu kuning dalam laga yang berakhir dengan kemenangan 3-1 tersebut.

Jadi Perhatian

Di matchday kedua fase grup Liga Champions duua pertandingan setidaknya patut menjadi perhatian, yakni Tottenham Hotspur vs Bayern Munchen dan Liverpool vs Salzburg.

Spurs yang menjamu Munchen, kalah telak 2-7 dari wakil Jerman tersebut. Sedangkan, Liverpool harus memeras keringat saat meladeni RB Salzburg di Anfield sebelumnya akhirnya menang tipi 4-3.

Babak penyisihan grup pekan ketiga Liga Champions dijadwalkan kembali digelar pada 22-23 Okteber mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tugas Besar Menanti, Pimpinan MPR Baru Diminta Jaga Kekompakan

Posted: 03 Oct 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR dan Para Wakil Ketua MPR baru periode 2019-2024 terpilih secara aklamasi pada Sidang Paripurna MPR RI yang dipimpin Pimpinan Sementara MPR H. Abdul Wahab Dalimunthe (Partai Demokrat) didampingi Hillary Brigitta Lasut (Partai Nasdem), di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Anggota Fraksi Golkar MPR Agun Gunanjar Sudarsa mengungkapkan bahwa pasca terbentuknya Pimpinan MPR baru, harapan rakyat terhadap kinerja dan tugas-tugas Pimpinan serta anggota MPR periode 2019-2024 sangat besar. Banyak tugas-tugas yang diamanahkan UU kepada Pimpinan dan para anggota MPR yang mesti disempurnakan dan diselesaikan menanti antara lain soal rekomendasi dan Sosialisasi Empat Pilar MPR.

"Saya harap apa yang menjadi rekomendasi MPR periode sebelumnya bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya dalam bentuk melakukan kajian yang mesti banyak melibatkan publik yang memiliki kompetensi termasuk melakukan sosialisasi terutama pemantapan tentang ideologi Pancasila," ujarnya.

Terkait Sosialisasi Empat Pilar yang telah lama digaungkan MPR, Agun mengingatkan agar metode-metode dan model-model sosialisasi lebih inovatif, sesuai dengan kebutuhan target sosialisasi terutama kepada generasi muda Indonesia mulai dari anak usia TK dan Paud sampai ke perguruan tinggi.

"Ini harus bener-benar menjadi perhatian, sebab sosialisasi dengan menyasar kepada anak-anak usia dini hingga mahasiswa diharapkan akan membentengi mereka dari paham-paham negatif seperti radikalisme dan lain-lain yang keluar dari kultur budaya bangsa Indonesia," katanya.

Selain itu, Agun berharap juga agar capaian tujuan penyelenggaraan sosialisasi maksimal, Pimpinan MPR perlu mendorong pemaksimalan capaian dengan melakukan kerjasama dengan lembaga lain seperti Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

"Pada akhirnya, saya sangat meyakini dengan komposisi kepemimpinan MPR yang Paripurna yang semua fraksi memiliki unsur Pimpinan, saya rasa akan bisa berbagi tugas dengan baik antar Pimpinan atau antara Pimpinan dan anggota sehingga tugas-tugas yang diamanahkan negara kepada Pimpinan, anggota serta alat-alat kelengkapannya seperti Badan Kajian, Badan Sosialisasi, Badan Anggaran termasuk Komisi Kajian Ketatanegaraan bisa lebih maksimal, saya optimis," tegasnya.

Sosialisasi Empat Pilar MPR 

Di kesempatan yang sama, anggota Fraksi PKS MPR Hermanto menyampaikan apresiasinya bahwa pemilihan Pimpinan MPR berlangsung secara musyawah untuk mencapai mufakat.

"Ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila terimplementasi dengan baik selain itu juga menunjukkan jati diri sebenarnya bangsa Indonesia," katanya.

Dikatakan Hermanto, awal yang sudah bagus tersebut tentunya mesti di lanjutkan dengan kinerja-kinerja yang bagus pula.

"Ke depan kita bisa berharap kepemimpinan MPR yang sekarang ini bisa mewujudkan cita-cita rakyat Indonesia menuju Indonesia sejahtera," ujarnya.

Terkait penyelenggaraan Sosialisasi Empat Pilar MPR, menurut Hermanto, tugas MPR tersebut sangat penting dari sisi kontinuitas serta kualitas. Namun, memang ada beberapa keterbatasan MPR dalam pelaksanaannya sehingga ke depan, MPR bisa melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain untuk bisa mengoptimalkan sosialisasi sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali.

"Saya berharap kepemimpinan MPR sekarang ini terus menjaga kekompakan tetap bermusyawarah, tetap bermufakat sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila dan NKRI," tandasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bintang Bola yang dari Keluarga Miskin, Cristiano Ronaldo Salah Satunya

Posted: 03 Oct 2019 09:12 PM PDT

Jakarta - Bintang sepak bola ternama dunia identik dengan kemewahan dan gaya hidup elegan. Hal itu lantaran mereka mendapat gaji yang jumlahnya miliaran dalam satu musim.

Misalnya saja pendapatan pemain muda Juventus, Matthijs de Ligt. Pria yang baru berusia 20 tahun tersebut mendapat gaji 416 ribu pounds atau sekitar Rp7,2 miliar per pekan.

Angka itu bisa dibilang sangat fantastis mengingat usianya masih muda. Apalagi, Cristiano Ronaldo yang berstatus megabintang. Jadi, wajar jika pesepak bola asal Belanda itu kerap tampil glamor.

De Ligt bahkan sering mengunggah aktivitas jalan-jalannya di media sosial. Terbaru, De Ligt dan pacarnya, Annekee Molenaar, menghabiskan waktu bersama di Bahama.

Meski demikian, tak semua pesepak bola ternama dunia seberuntung Matthijs de Ligt, yang sudah mencicipi kesuksesan di usia muda. Sejumlah bintang sepak bola dunia harus terseok dari garis nasib terbawah untuk menuju kemapanan seperti sekarang ini.

Tim Bola.com telah menghimpun sederet pesepak bola top dunia yang berasal dari keluarga miskin, Cristiano Ronaldo salah satunya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

1. Luiz Suarez

Luiz Suarez menghabiskan masa kecilnya di Salto, sebuah Kota Kecil di pinggiran Uruguay. Sebelum mendapat kehidupan serba mapan seperti saat ini, Suarez menjalani masa kecilnya dengan tidak mudah.

Striker andalan Barcelona itu pernah bermain sepak bola tanpa alas kaki. Saat itu, ayahnya tak mampu membelikan sepatu bola karena terkendala dana.

Sang ayah hanya bekerja sebagai porter dan harus menghidupi Suarez dan enam saudaranya.

2. Cristiano Ronaldo

Pesona Crostiano Ronaldo di kancah sepak bola dunia tak bisa diragukan lagi. Saat ini, ia menjadi pesepak bola yang paling populer dan banyak dibicarakan.

Bukan hanya karena performa gemilangnya di lapangan, Ronaldo juga cukup terampil mengambil pasar. Namun, kisah hidup bintang Juventus di masa kecil itu tidak mudah.

Ronaldo bahkan pernah melempar gurunya dengan kursi karena menghina pekerjaan ayahnya dan menyebutnya miskin.

3. Victor Moses

Kehidupan Victor Moses disebut begitu menyayat hati. Kabarnya, perjalanan hidup pemain Chelsea itu bisa menjadi film paling menyedihkan yang pernah ada.

Bagaimana tidak, Moses pernah mencari perlindungan politik di London saat berusia 11 tahun. Kedua orang tuanya dibunuh kala Nigeria tengah dilanda perang puluhan tahun lalu.

Meski demikian, garis nasib membawanya menjadi pemain sepak bola yang cukup diperhitungkan di Eropa.

4. Angel Di Maria

Tumbuh sebagai anak dari keluarga miskin di Argentina, Di Maria harus bekerja di tambang batu bara untuk membantu ekonomi keluarganya.

Mirip dengan Luis Suarez, Di Maria kecil juga tak mampu membeli sepatu dalam suatu pertandingan sepak bola. Namun karena kegigihan dan skill luar biasanya, Di Marino menarik minat petinggi klub Rosario Central dan diberi kesempatan untuk belajar di akademi.

Meski demikian, ia perlu setengah jam untuk sampai ke tempat latihan. Ibunya menggunakan sepeda untuk mengantar Di Maria mengasah keterampilan.

5. Gabriel Jesus

Ibunda Jesus, Vera Lucia Diniz de Jesus, mengaku membesarkan Jesus dan empat sudaranya sendirian karena suaminya kabur bersama perempuan lain.

Namun pengorbanan sang ibu tidak sia-siap. Kini, pria berusia 22 tahun itu menjadi bintang yang cukup bersinar di dunia sepak bola profesional.

Terbaru, Gabriel Jesus masuk dalam daftar beli Real Madrid pada bursa transfer Januari 2020.

Disadur dari Bola.com (Hesti Puji Lestari/Yus Mei Sawitri, Published, 04-10-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atasi Kekeringan, Pemda Tangerang Minta BPPT Buat Hujan Buatan

Posted: 03 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - - Musim kemarau yang sangat panjang ternyata mulai berimbas pada kekeringan di sejumlah kecamatan di Tangerang. Pemda pun bekerja sama dengan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta atau Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca untuk membuat hujan buatan.

"Selain melakukan Salat Istisqa atau permohonan meminta hujan, ada langkah lainnya yang harus kita ambil, yakni hujan buatan. Hal ini karena volume air yang berasal dari Sungai Cisadane terus mengalami penurunan setiap harinya dan itu terlihat dari tinggi permukaan air," kata Sekertaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, Jumat (4/10/2019).

Nantinya, Pemerintah Daerah lebih dulu berkoordinasi dengan Persatuan Perusahaan Air Munum Seluruh Indonesia (Perpamsi), kemudian mengirimkan surat permohonan kepada BPPT untuk penggunaan Kapur Tohor aktif (CaO) sebagai bahan semai dalam meningkatkan efektivitas teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau disebut dengan hujan bauatan.

"Kita akan lakukan koordiasi juga dengan perusahaan air minum, dan selanjutnya bersama sama berkoordinasi ke pihak BPPT," ujarnya.

 

17 Kecamatan di Tangerang Kekeringan

Sungai Cisadane merupakan satu-satunya sumber air baku bagi pengelola air bersih di wilayah Tangerang. Dikhawatirkan, bila terus mengalami penyusutan volume air akibat hujan yang tidak kunjung turun, maka proses penyaluran dan pelayanan air bersih akan terganggu.

"Bukan hanya layanan kepada rumah tangga saja yang terganggu, tapi bisa berpengaruh pada kondisi persawahan di Tangerang yang mana, juga bergantung pada aliran dari Sungai Cisadane," ungkapnya.

Hingga saat ini terdata, 17 kecamatan yang terdampak kekeringan. Namun, wilayah terparah terdapat dibagian utara Kabupaten Tangerang beberapa diantaranya yakni, Kresek, Pakuhaji dan Kronjo.

Alhasil, hingga saat ini, wilayah yang terdampak parah kekeringan, terus mendapatkan bantuan air bersih yang dikirimkan melalui mobil tangki oleh pemerintah setempat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Negara Dengan Paspor Terkuat di Dunia, RI Nomor?

Posted: 03 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Henley Passport Index merilis daftar baru paspor terkuat di dunia. Salah satu indikasi jadi paspor terkuat karena menawarkan bebas visa ke banyak negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Mobil Ramah Lingkungan Laris, Kemenperin Sarankan Harga Rp200 Jutaan

Posted: 03 Oct 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Sumba - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini, payung hukum terkait mobil atau motor ramah lingkungan ini masih sebatas Peraturan Presiden (Perpres) yang sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo, dan bakal dikeluarkannya revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 yang akan mengatur insentif untuk mobil beremisi rendah.

Namun, hingga saat ini, jenama otomotif di Tanah Air yang sudah memasarkan mobil ramah lingkungan masih dengan harga yang relatif mahal. Padahal, seperti diketahui jika segmen kendaraan yang paling laku di Indonesia berada di harga di bawah Rp250 juta.

"Dalam konsep LCEV (low carbon emission vehicle) kami membuka ruang kendaraan yang nanti bisa Rp200 sampai Rp250 juta. Jadi, konsep mild hybrid," ujar Harjanto, Direktur Jenderal Industri, Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, saat ditemui di Sumba, Nusa Tenggara Timur, Kamis (3/10/2019).

Lanjut Harjanto, dengan menggunakan konsep kendaraan mild hybrid, tetap bisa menurunkan emisi serta efisiensi penggunaan bahan bakar, namun harganya bisa lebih terjangkau dan akan dilakukan bertahap.

"Karena kalau beli mobil mahal ya tidak ada (konsumennya), dan tidak nendang," tegasnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Masalah Baterai

Sementara itu, permasalahan lainnya, adalah masih cukup mahalnya harga baterai, yang pastinya memengaruhi banderol jual kendaraan listrik. Melihat hal tersebut, Kemenperin sudah memikirkan beberapa strategi jitu, untuk memainkan kapasitas baterai sehingga bisa menurunkan harga.

"Kami melihat nanti mendorong size baterai, kami mainkan di situ. Sehingga mereka bisa menggunakan listrik plug-in, dan menurunkan emisi tapi harga terjangkau. Beberapa pabrikan sudah berpikir ke sana," pungkasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI ITB Ultra Marathon 2019, Ajang Lari Sekaligus Reuni Para Alumni

Posted: 03 Oct 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang lari tak sekadar bagi mereka yang ingin ikut ambil bagian dalam sebuah perlombaan hingga menyalurkan kecintaan pada lari. Lebih dari itu, ajang ini juga dapat menjadi pemersatu mereka yang telah lama tak bertemu.

Salah satu event lari tersebut adalah BNI ITB Ultra Marathon 2019 yang akan dilaksanakan 11--13 Oktober 2019. Rute dimulai dari BNI Jakarta dan finish Kampus ITB Bandung.

Pada 2018 lalu, jarak tempuh marathon ini 170 kilometer, sedangkan tahun ini ditambah menjadi 200 kilometer. Penambahan ini ternyata memiliki tujuan tersendiri.

"Persiapan membentuk panitia karena yang baru memperpanjang rute dari 170 K menjadi 200 K, karena ini didedikasikan untuk ITB yang akan berulangtahun ke-100," ungkap Gatot Sudariyanto, Ketua Panitia BNI ITB Ultra Marathon 2019 di Grha BNI, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019.

Sebagai penyelenggara, Susilo Siswoutomo selaku Ketua Yayasan Solidarity Forever, lembaga non-profit yang khusus didirikan untuk mendukung Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, menyampaikan semangat dari ajang marathon ini.

"Event ini idenya berbuat untuk ITB, paguyuban kebersamaan tanpa sekat dalam rangka alumni membantu almamater. Tak hanya bikin untuk alumni, kita undang masyarakat umum lewat lomba dan beri hadiah," kata Susilo.

Event lari yang dimulai sejak 2017 tersebut juga mendapat dukungan penuh dari Rektor ITB Kadarsah Suryadi. Ia menyebut key word dari marathon ini mulai dari aspek meningkatkan dan membiasakan hidup sehat.

"Key word kedua silaturahmi yang jauh menjadi dekat karena lari, dari tidak kenal jadi kenal. Saya melihat hikmah silaturahmi itu dan alat pemersatu alumni," tuturnya pada kesempatan yang sama.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Kategori dan Hadiah

Jersey BNI ITB Ultra Marathon 2019. (Liputan6.com/Putu Elmira)

BNI ITB Ultra Marathon 2019 akan dimulai Jumat, 11 Oktober 2019 pukul 22.00 WIB dari kantor pusat BNI hingga Kampus ITB dengan melewati 18 etape. Cut off time 32 jam berlari berempat, 34 jam lari berdua, individu batas waktu 36 jam.

"Aturan menjunjung keselamatan dengan memakai lampu di kepala untuk malam itu diwajibkan, membawa tas minum karena dehidrasi berbahaya," jelas Ahmad, Pelaksana BNI ITB Ultra Marathon 2019.

Ajang ini diikuti 3.500 lari yang terbagi lima kategori, tiga di antaranya berhadiah. Untuk individu target 75 pelari dengan 30 perempuan dan 45 pria. Hadiah pertama sebesar Rp30 juta, hadiah kedua Rp20 juta, dan hadiah ketiga Rp15 juta.

"Kategori kedua estafet membentuk tim mengundang 50 tim. Lalu Relay 4 mix tim gabungan 4 pelari hadiahnya sama. Kira-kita 50 regu dengan 200 pelari ada yang ingin hadiah atau mempertahankan rekor. Ketiga kategori terbuka untuk umum," jelas Gatot.

Ada dua kategori lagi diperuntukan bagi alumni ITB yakni ada dalam Relay 9 dan Relay 18 yang dimanfaatkan sebagai reunion on the road. Sementara, pada Minggu, 13 Oktober 2019 ada Fun Run 5 kilometer dari Cikapundung masuk ITB dengan 2.500 pelari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

michelle mengatakan...

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217