Jumat, 18 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sampaikan Salam Perpisahan, JK Beri Selamat ke Menteri yang Lanjut

Posted: 18 Oct 2019 03:05 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan segera purna tugas. Posisinya pada 20 Oktober mendatang akan digantikan oleh Wapres terpilih Ma'ruf Amin.

Presiden Jokowi yang tetap melanjutkan pemerintahannya bersama Ma'ruf Amin pun mengadakan acara silaturahim bersama JK dan para menteri kabinet kerja. Dalam acara ini, Wapres JK menyampaikan selamat kepada para menteri yang lanjut ke periode kedua.

"Bagi teman-teman yang akan mengemban tugas bersama Bapak Presiden lagi, saya sampaikan selamat bekerja semoga semuanya sukses. Kita doakan," kata JK di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Sementara bagi para menteri yang tak lanjut, JK berpesan agar tetap mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Terkahir, Kalla mengucapkan terima kasih kepada seluruh menteri yang selama ini membantunya.

"Teman-teman yang ikut sama saya artinya istirahat, kita lanjutkan mendukung beri pandangan dan juga harapan kepada presiden. Sejali lagi terima kasih dan maaf bila ada kesalahan-kesalahan atau kekeliruan ," ucapnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Wajah Baru Kabinet

Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja Gelar Sesi Foto Terakhir (Foto: Liputan6/Ika Defianti)

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR pasa 20 Oktober mendatang. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut acara pelantikan dilakukan pukul 14.30 WIB.

Jokowi menyebut kabinet periode kedua pemerintahannya akan banyak diisi oleh wajah baru. Namun, dia mengaku tetap akan mempertahankan sejumlah menteri kabinet kerja periode 2014-2019.

"Ya adalah (yang dipertahankan), yang lama ada. Yang baru banyak," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan mengungkapkan siapa saja nama baru yang masuk ke kabinet periode kedua. Begitupun saat ditanya soal siapa saja menteri yang akan dipertahankan.

"Belum dihitung persentasenya," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tamara Bleszynski Sebut Dirinya Hanya Mampu Buat Warung

Posted: 18 Oct 2019 03:05 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tamara Bleszynski rupanya mengetahui bisik-bisik orang tentang dirinya yang membuat warung makan, bukan restoran. Hal itu diungkapkan ibunda Teuku Rassya dalam Instagram pribadinya.

"Byk yg berbisik, katanya artis..kok hanya warung? Knp ga resto? Jawabku adalah; Terima kasih atas doanya, tapi hanya ini yg kumampu, dan aku bangga. 💞," tulis Tamara, Kamis, 17 Oktober 2019.

Tamara mengungkapkan, tak akan lupa tentang sejarah warung tersebut. Menurut Tamara, papan nama warung pun saat itu tidak ada.

"Dimulai dari semangat yg besar, kerja keras dan doa," ungkap Tamara.

Unggahan Tamara Bleszynski itu rupanya mendapatkan banyak komentar positif dari warganet. Mereka mendukung perjuangan Tamara dan diminta tak perlu mendengarkan nyinyiran orang.

"Gak usah dngerin nyiyiran kak... sukses terus buat kak @tamarableszynskiofficial .. dr kecil smpe saat ini cm kaka idola saya.. msh ttp cantik dan baik hati...," tulis @fitriani0582 dalam kolom komentar Instagram Tamara Bleszynski.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Mewah dan Istimewah

Tamara Bleszynski menyebutkan bahwa dirinya hanya mampu membuat warung, bukan resto (Dok.Instagram/@tamarableszynskiofficial/https://www.instagram.com/p/B3uHjm4FA00/Komarudin)

Untuk menghidupi warungnya, bahkan Tamara ikut turun tangan ke pasar. Ia bahkan senang bisa berada di pasar bertemu dengan para pedagang.

Dalam foto yang diunggah pada baru-baru ini, Tamara terlihat asyik foto bersama dengan perempuan yang berdagang ikan asin dan minyak goreng.

"Bagiku..berada di pasar bukan hanya Mewah, tapi IstiMewah, apalagi bisa bertemu ibu cantik yg selalu semangat meyambutku dgn senyuman. Btw..harga minyak dan ikan asin besok berapa yah?" tanya Tamara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Selama Bersama Presiden Jokowi Semuanya Menarik

Posted: 18 Oct 2019 03:03 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK) akan segera berakhir. Jokowi akan melanjutkan kepemimpinannya bersama Wapres terpilih Ma'ruf Amin, sementara Jusuf Kalla purna tugas.

Jelang berakhir masa jabatannya, JK mengaku kerap ditanya oleh awak media apa hal yang paling menarik selama lima tahun bekerja dengan Jokowi. Dia menyatakan bahwa momen bersama Jokowi selalu menarik.

"Apa yang paling menarik dalam 5 tahun bekerja bersama Pak Jokowi, saya pikir apa yang paling menarik? Karena saya bilang semua menarik, apakah bersama Presiden, rapat, apakah kesulitan atau kebaikan semua menarik. Tidak ada yang kurang menarik," kata JK dalam acara silaturahmi bersama Jokowi dan Menteri Kabinet Kerja di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

JK juga menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas dorongan dan petunjuk selama mengemban jabatan sebagai Wapres. JK juga menyampaikan terimakasih atas kekompakan selama bekerja lima tahun ini.

"Saya kira kita semua sama ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden atas kekompakan kita semuanya, yang telah melaksanakan tugas kenegaraan secara bersama-sama," jelas dia.

Foto Bersama

Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja Gelar Sesi Foto Terakhir (Foto: Liputan6/Ika Defianti)

Jelang purna tugas kabinet kerja periode I, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar perpisahan bersama kabinet kerja periode I di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). Seluruh Menteri kabinet kerja hadir untuk foto bersama dan disusul dengan makan siang.

Pertemuan perpisahan tersebut diawali dengan foto bersama. Jusuf Kalla hadir sekitar pukul 12.56 WIB bersama Istri Mufidah Jusuf Kalla. Mereka kompak mengenakan pakaian batik. Sementara Iriana tampak cantik mengenakan baju kurung berwarna pink.

Tidak hanya menteri kabinet kerja yang masih menjabat ada juga mantan Menko PMK Puan Maharani kini jadi Ketua DPR, dan Mantan Menkum dan HAM Yasonna Laoly. Semua para menteri menuju tangga istana negara. Mereka mengatur posisi. Para pewarta meminta para menteri kabinet kerja untuk bergaya.

Wajah mereka tampak ceria walaupun menahan teriknya panas matahari. Beberapa angle foto diambil. Mulai dari gaya formal dan bebas. Walaupun Jokowi sebelumnya menolak bergaya dan memilih memegang sang istrinya, Iriana Jokowi yang berada di sampingnya.

Kemudian, JK pun melambaikan tangan saat berpose, dan beberapa menteri kabinet kerja pun kompak mengikuti gaya politikus Golkar tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Resmi Kenegaraan Jokowi - Ma’ruf Rilis, Netizen: Keren Banget

Posted: 18 Oct 2019 03:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo - Ma'ruf Amin akan segera dilantik pada Minggu (20/10/2019). Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut naiknya pasangan Jokowi-Ma'ruf menjadi pemimpin Republik Indonesia untuk lima tahun kedepan.

Salah satu yang dipersiapkan adalah foto resmi kenegaraan RI-1 dan RI-2. Foto kenegaraan dinanti-nantikan oleh Netizen karena foto tersebut akan dipajang pada berbagai tempat.

Pada Jumat (18/10/2019), akun Twitter fotografer dan wartawan senior @arbainrambey mengunggah foto resmi Jokowi - Ma'ruf beserta dengan foto di balik layar pemotretan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Foto yang Luar Biasa

Hasil foto kenegaraan Jokowi-Ma'ruf yang dipotret oleh Darwis Triadi. (sumber: Darwis Triadi via twitter @arbainrambey)

Dalam unggahannya, Arbain Rambey menyebut 'Babe Darwis' atau Darwis Triadi yang merupakan fotografer terpilih untuk memotret foto resmi kenegaraan. Selain itu ia memuji Darwis yang memotret menggunakan kamera dengan sistem sensor Micro Four Thirds (MFT). Menurut Arbain, hasil jepretan Darwis luar biasa.

"Foto resmi presiden dan wapres oleh Babe Darwis.....dengan sensor MFT, hasil keren luar biasa," tulis Arbain Rambey dalam cuitannya pada Jumat (18/10/2019).

Foto yang Diunggah

Hasil foto kenegaraan Jokowi-Ma'ruf yang dipotret oleh Darwis Triadi. (sumber: Darwis Triadi via twitter @arbainrambey)

Pada foto pertama, terlihat hasil jepretan Darwis yang memperlihatkan Jokowi dan Ma'ruf dalam dua foto yang berbeda berdiri tegap. Berbagai lencana menghiasi pakaian formal mereka.

Darwis Triadi menunjukkan hasil foto kepada Ma'ruf Amin. (sumber: instagram @ditojati via twitter @arbainrambey)

Kemudian pada foto kedua terlihat Darwis Triadi sedang memperlihatkan hasil potret kepada Ma'ruf Amin. Keduanya tersenyum melihat ke arah kamera.

Darwis Triadi mengarahkan Presiden RI, Joko Widodo. (instagram @ditojati via twitter @arbainrambey)

Lalu di foto ketiga dapat dilihat Darwis sedang mengarahkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Darwis memegang pundak Jokowi dengan tangan kanannya semetara di tangan kirinya ia menggenggam kamera.

Berbagai Respon Netizen

Respon Netizen yang melihat unggahan dari akun @arbainrambey pun beragam. Banyak yang terpukau dengan hasil foto kenegaraan, memuji Darwis Triadi sebagai fotografer, ada juga yang salah fokus dengan tampilan Ma'ruf Amin yang biasanya memakai sarung. Berikut adalah rangkumannya:

Pujian Untuk Hasil Foto Kenegaraan

"RI 1 tampak lebih muda dari foto resmi nya periode lalu. How come ? 👌🏾👍🏾😀🇮🇩" - @rochland_y

"Kita sambut Presiden dan Wapres baru Indonesia 👏👏👏" - @13adrian2

"Apik tenan" - @wisanggeni_11

"Kereen.." - @rikimalik

"waw, hasilnya keren" - @ekodenni

Pujian untuk Babe Darwis

"Wadaaaaw Babe Darwis goooks" - @utho

"lejen nih kang potonya 👍" - @GunturH

"Tetap yaa om, pengalaman tidak akan membohongi hasil 🙏" - @rinokrismasurya

"Kenapa aku malah terpukau sama Babe Darwis nya ya 😅" - @RaraAyoe

Kamera Olympus

Darwis Triadi terlihat menggunakan kamera Olympus dengan sistem sensor MFT. Hal tersebut juga menarik perhatian beberapa netizen.

"Olympus 😌" - @bhismaroi

"ALL HAIL OLYMPUS!!!" - @bagasfeka

"Long live MFT 💪" - @RadityaHendraw

"MFT ngga ada matinye...ya om..." - @wisawisawis

Ma'ruf Amin Pakai Celana Panjang

"eehh pak kyai pakai celana panjang 😁😁🙏🙏" - @are_goestien

"Satu-satunya foto Kiai Maruf tanpa sarung yang saya tau." - @INSNadi

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Borneo FC Vs Bali United di Vidio 18.30 WIB

Posted: 18 Oct 2019 03:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Borneo FC akan menantang Bali United di Stadion Segiri. Shopee Liga 1 2019 akan bergulir lagi hari ini.

Borneo FC kini berada di posisi keempat klasemen sementara. Tim Pesut Etam mengoleksi 34 poin dari 21 laga.

Sementara Bali United masih bercokol di puncak klasemen Shopee Liga 1 2019. Serdadu Tridatu mengoleksi 48 poin dari 20 laga.

Kemenangan bakal membuat Bali United menjauhi para pesaingnya. Sementara bagi Borneo, kemenangan akan membuat mereka bersaing di tiga besar klasemen.

Live streaming Borneo FC Vs Bali United dimulai pukul 18.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming Shopee Liga 1 2019 Borneo FC Vs Bali United di Vidio pada halaman selanjutnya...

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Borneo FC vs Bali United di Vidio silakan klik di sini.......

Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandeynuwu (k); Javlon Guseynov, Juan Alsina, Wildansyah, Nur Diansyah (b); Makarius Suruan, Sultan Samma, Renan Silva (t); Terens Puhiri, Ambrizal Umanailo, Matias Conti (d)

Pelatih: Mario Gomez

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, I Made Andhika Wijaya, Michael Orah (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Yabes Roni, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Sosok Swietenia, WNI yang Masuk Daftar Perempuan Berpengaruh Dunia 2019

Posted: 18 Oct 2019 03:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia boleh berbangga. Seorang wanita asal Tanah Air, tercatat sebagai salah satu perempuan berpengaruh di dunia tahun ini.

Swietenia Puspa Lestari, menjadi wanita yang masuk dalam daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia versi BBC.

Atas penghargaan yang diraihnya, perempuan ini pun membagi kisahnya tersebut pada akun Instagram miliknya.

"Ketika aku pertama kali diinfo masuk nominasi, aku beneran ga nyangka sampai selanjutnya diinterview dengan teman2 BBC Indonesia, for real," tulisnya, seperti mengutip pada akun Instagramnya, Jumat (18/10/2019).

Ia mengaku, dirinya merupakan seseorang yang tak percaya diri.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Wanita dengan Tekad Kuat

Swietenia Puspa Lestari dari Indonesia.

Swietenia mendirikan Divers Clean Action (DCA) Foundation untuk membersihkan puing-puing di laut Indonesia.

Wanita yang memiliki postur tubuh tinggi ini, mengaku tidak percaya diri saat ditanya apa kesulitan dalam menggerakan komunitas tersebut.

Dalam unggahan tersebut, ia bercerita mengenai bagaimana kesulitan saat awal mula ia membangun DCA.

"Memang dulu sering satu forum isinya banyak bapak-bapak dan kadang-kadang suka dibilang, 'ini apa sih perempuan masih kecil (dulu ku mulai DCA pas masih kuliah tingkat 3) ngurusin sampah, udah item, dekil, nuntut-nuntut ini itu "tau apa sih?!" tulis Swietenia.

Tidak Memandang Gender

ilustrasi Foto Wanita (iStockphoto)

Namun, ia selalu mengabaikan ucapan-ucapan seperti itu. Sejak dulu, ia tidak pernah memandang sesuatu sebagai 'urusan perempuan' atau 'urusan laki-laki'.

Tidak hanya itu, ia juga berbagi pengalamannya saat di lapangan sampling sampah. "Sering enggak dibolehin bawa motor kalau sudah gelap, karena takut kenapa-kenapa jadi harus ditemani sama pemuda desa, bahkan suka di siul-siulin ketika ambil data sama abang-abang..."

Ia juga mengingat ketika mengenderai motor di Bali, motornya mogok dan harus mengurusnya ke bengkel sendiri.

"...motornya mogok di tengah tol dan harus urus ke bengkel sendiri, itu semua laki-laki nanya kenapa saya perempuan sendiri. Tapi aku dari dulu ga pernah memandang sesuatu sebagai "urusan perempuan" atau "urusan laki-laki". ujarnya.

Kini, DCA memiliki 1.500 sukarelawan yang bekerja di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dia juga memprakarsai kampanye #nostrawmovement di Indonesia, yang menghasilkan pengurangan penggunaan sedotan plastik sekali pakai di lebih dari 700 restoran.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Bandung Desak Jokowi Teken Perppu KPK

Posted: 18 Oct 2019 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Bandung Mahasiswa di Kota Bandung kembali mendesak Presiden Joko Widodo agar menerbitkan Peraturan Pemerintah Penggantian Undang-undang (Perppu) UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu disampaikan oleh Aliansi BEM Seluruh Indonesia dan Poros Revolusi Mahasiswa Bandung di depan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kamis (17/10/2019).

Perwakilan aliansi dan poros, Royyan Abdullah Dzakiy Perppu menilai, UU KPK yang telah disahkan DPR dan pemerintah dinilainya akan melemahkan lembaga antirasuah tersebut.

"Kita mengambil momentum hari ini, bertepatan dengan 30 hari setelah pengesahan RUU KPK. Artinya, setelah 30 hari memang dari Presiden Jokowi tidak memberikan pernyataan mengesahkan, tapi secara sistem akan langsung disahkan, otomatis berjalan," ujarnya.

Lebih lanjut Royyan menyebutkan, sikap mahasiswa tidak berubah. Yaitu menuntut presiden agar menjawab tuntutan mereka, mengeluarkan Perppu untuk menganulir UU KPK.

Menurut dia, penerbitan Perppu KPK merupakan kewenangan dan hak prerogatif Presiden Jokowi. Hal tersebut diatur dalam Undang-undang.

"Jadi perlu kita sadari juga mengenai kondisi mendesak ini juga hak prerogatif presiden untuk menentukan, sehingga merupakan hal yang subjektif dari presiden sendiri. Yang kita tunggu-tunggu adalah atensi dari presiden sendiri bahwa beliau menolak upaya pelemahan pemberantasan korupsi dengan mengeluarkan Perppu ini," katanya.

Disinggung terkait alternatif untuk menyelesaikan masalah UU KPK melalui judicial review, Royyan menilai hal tersebut berpeluang untuk dilakukan.

"Langkah untuk menolak revisi UU KPK bisa paralel. Opsi judicial review ke Mahkamah Konstitusi tetap kami ambil dan kami kawal. Untuk saat ini, tetap kami berharap Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu," ucap Ketua Keluarga Mahasiswa ITB itu.

Sebelumnya, hasil revisi Undang-Undang 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (Revisi UU KPK) menjadi undang-undang oleh DPR dan pemerintah berlaku efektif hari ini, 17 September 2019. UU itu mulai berlaku hari ini, meski tak ditandatangani Presiden Jokowi.

Namun hingga hari ini, Jokowi tak juga menerbitkan Perppu KPK.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simpan Kekecewaan, Emre Can Ingin Gabung Manchester United

Posted: 18 Oct 2019 03:00 AM PDT

Turin - Emre Can dikabarkan siap meninggalkan Juventus dan bergabung ke Manchester United. Can berpotensi bergabung ke Manchester United pada Januari 2020.

Emre Can menyimpan kekecewaan mendalam di Juventus setelah kedatangan Maurizio Sarri. Ia tak lagi mendapat kesempatan yang cukup untuk tampil dan terbuang dari skuat Juventus di Liga Champions.

Kondisi itu membuat Can mempertimbangkan untuk hengkang dari klub tersebut.

"Saya mencatatkan banyak penampilan pada musim kemarin. Saya tampil di laga-laga penting dan saya menunjukkan performa yang positif," ujar Can.

"Saya tak tahu apa yang terjadi pada musim ini. Pelatih baru dan saya kehilangan semua kesempatan yang didapat."

"Untungnya, saya masih mendapat panggilan dari timnas. Namun, jika kondisi ini berlanjut, saya harus menyelamatkan karier saya," ungkap Can.

Pihak Manchester United dikabarkan sudah menghubungi pihak Emre Can mengenai potensi transfer. Jika mulus, Can bisa kembali ke Premier League bersama Manchester United

Hal itu juga akan menjadi langkah yang kontroversial karena Can pernah menjadi pemain Liverpool, yang merupakan rival abadi Manchester United.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Indikasi Massimiliano Allegri Menguat

Massimiliano Allegri. (AFP/fabrice Coffrini)

Kabar mengenai pendekatan pihak Manchester United kepada Emre Can juga menguatkan rumor kalau Massimiliano Allegri akan menjadi manajer anyar klub tersebut.

Sebelumnya, Emre Can disebut sebagai satu di antara pemain yang diminta Allegri jika ia bergabung dengan Manchester United. Pemain Juventus lainnya yang juga diminta Allegri adalah Mario Mandzukic.

Sumber: Mirror

Disadur dari Bola.com (Penulis Aditya Wicaksono / Gregah Nurikhsani, Published 18/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar 7 Bulanan, Istri Young Lex Merasakan Kesulitan

Posted: 18 Oct 2019 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Young Lex, dan istri, Eriska Nakesya, baru saja menggelar tasyakuran tujuh bulan kehamilannya. Acara ini dibuat cukup meriah.

Tampak beberapa teman Young Lex dan istri memberikan ucapan selamat yang diunggah di Instagram Stories. Rupanya, banyak kejadian seru yang dirasakan pasangan suami istri baru ini.

Salah satunya, kesulitan Eriska mengajak Young Lex untuk foto bareng layaknya suami istri.

Ada saja tingkah Young Lex, yang membuat foto tersebut tak formal.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Capek

Young Lex dan istri (Foto: Instagram/@eriskanakesya)

Hal itu diungkapkan sang istri di akun Instagram, Jumat (18/10/2019).

"Cape ngajak foto calon babeh satu ini kaga pernah bener," tulisnya sebagai keterangan foto.

Campur Aduk

Young Lex dan istri (Foto: Instagram/@eriskanakesya)

Saat menggelar acara tasyakuran, istri Young Lex bersyukur semuanya tak ada hambatan.

"Tasyakuran 7 bulan kehamilan, alhamdulillah Semuanya di lancarkan , sedih,seneng ,bahagia,terharu semuanya jadi satu ..," ujarnya pada unggahan lainnya. 

Terima Kasih

Young Lex dan istri (Foto: Instagram/@eriskanakesya)

Tak lupa, Eriska mengucapkan terima kasih karena sudah mendoakan dirinya dan sang calon bayi. "Trimakasih untuk semua yang sudah mendoa'akan semoga selalu di beri kebahagiaan," lanjutnya.

 

Nikah Diam-Diam?

Young Lex dan istri (Foto: Instagram/@eriskanakesya)

Sayangnya, hingga kini baik Young Lex maupun istri belum juga bicara mengenai pernikahan mereka. Banyak yang menganggap pernikahan keduanya digelar secara diam-diam.

Meski begitu, tak sedikit warganet ikut berbahagia. Mereka tetap memberikan selamat pada Young Lex.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rajin Olahraga dan Tak Pernah Merokok, Matt Meninggal Tak Lama Usai Didiagnosis Leukemia

Posted: 18 Oct 2019 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Matt Meads punya gaya hidup sehat. Dia rajin berolahraga, menjauhi rokok, alkohol, dan junk food. Namun, usia seseorang memang tak ada yang tahu. Dia meninggal tak lama usai didiagnosis terkena leukemia.

Pria 33 tahun asal Nottingham, Inggris ini terkejut ketika dokter mendiagnosisnya dengan leukemia. Sang istri Abi menceritakan bahwa selama ini, pria yang berprofesi sebagai guru itu selalu menjaga kesehatannya.

"Dia menyukai olahraganya. Dia pergi ke gym, dia senang berada di luar dan jalan-jalan. Dia suka bersepeda. Dia berhati-hati soal apa yang dia makan," kata Abi seperti dilansir dari Metro pada Jumat (18/10/2019).

"Semua yang diperingatkan dokter pada Anda, tidak ia lakukan. Dia tidak minum alkohol, dia tidak merokok, dietnya baik, dia berolahraga." Bahkan, karena takut terkena kanker kulit, Matt selalu memakai krim matahari saat bepergian ke luar ruangan.

Minta Orang Lain Segera Lakukan Pemeriksaan

Ilustrasi Leukemia (sumber: iStockphoto)

Matt awalnya mengalami sakit perut dan berkeringat di malam hari. Selain itu, dia sering merasa lelah. Mereka sempat mengira hal itu hanya kelelahan biasa.

Pemeriksaan darah menunjukkan bahwa dia menderita leukemia limfoblastik akut, sebuah bentuk kanker darah yang langka dan agresif. Matt sempat melakukan tiga kali sesi kemoterapi. Meskipun begitu, 20 hari setelah didiagnosis, dia meninggal karena emboli paru.

Abi sendiri berharap agar orang lain bisa belajar dari kejadian yang menimpa suaminya. Dia ingin agar ketika seseorang mengalami gejala tersebut segera melakukan pemeriksaan darah.

"Anda yang tahu tubuh Anda sendiri," kata wanita 27 tahun itu. "Jika Anda mengalaminya selama berhari-hari dan tidak membaik, jika Anda ragu, periksalah."

Meskipun banyak orang di sekitar Abi yang mendukungnya, namun dirinya tetap kesepian ketika Matt meninggal dunia.

"Matt adalah orang yang benar-benar bahagia. Dia benar-benar positif. Dia baik, peduli, penuh kasih, selera humornya. Dia akan membuat lelucon apa saja dan itu sangat cerdas."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lima Kebijakan Kontroversial di Era Jokowi

Posted: 18 Oct 2019 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi pemerintahan Jokowi-JK akan segera selesai. Selama perjalalannya, pemerintahan Jokowi-JK sempat mengeluarkan beberapa kebijakan yang kontroversial. Apa saja kebijakannya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Yahoo Group Tutup Tahun Ini

Posted: 18 Oct 2019 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Layanan Yahoo Group dikabarkan akan tutup pada tahun ini.

Layanan ini merupakan tempat kumpul pengguna internet yang tertarik pada topik-topik tertentu. Melalui situs ini, pengguna akan dapat bertukar ide, berbincang, dan sebagainya. Situs ini kurang lebih hampir mirip seperti Reddit dan Kaskus.

Dilansir dari The Verge, Jumat (18/10/2019) penutupan layanan ini akan dilakukan secara bertahap oleh Yahoo.

Layanan ini akan berhenti beroperasi secara total pada 21 Oktober nanti. Artinya, selepas tanggal itu pengguna sudah tidak dapat lagi mengunggah konten ke Yahoo Group.

Adapun pada tanggal 14 Desember nanti, seluruh konten di dalam Yahoo Group, mulai dari rekaman pembicaraan, basis data, berkas, hingga foto-foto, akan dihapus permanen oleh Yahoo.

Data Pengguna

Apabila pengguna masih ingin mengambil konten yang terdapat pada Yahoo Group, pengguna akan dapat mengunduhnya secara langsung melalui laman grup.

Tidak hanya melalui itu, pengguna dapat mengambil konten di Yahoo Group melalui situs https://www.verizonmedia.com/policies/us/en/verizonmedia/privacy/dashboard/index.html yang nantinya akan diminta untuk masuk dengan menggunakan akun Yahoo dan setelah diproses oleh pihak Yahoo, akan dikirimkan data-datanya melalui email.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Natalia Shasanti Eks 7 Icons, Kini Berhijab

Posted: 18 Oct 2019 02:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada 2010 berbagai girlband dan boyband banyak bermunculan di Indonesia, salah satunya 7 Icons. Girl band tersebut sempat meramaikan industri musik Tanah Air dan sukses mencuri perhatian pada kala itu. Sesuai dengan namanya, 7 Icons merupakan girlband beranggotakan tujuh perempuan cantik. Terdiri dari PJ, GC, Vanila, Angela Tee, Linzy, Mezty, Natly, dan T-Sha.

Lagu-lagu girlband ini pun mudah dimengerti dan enak di dengar. Seperti diketahui, nama grilband ini makin melejit dan dikenal publik lewat lagunya yang berjudul Playboy. Namun, girlband 7 Icons tidak memiliki umur panjang. Pada 2014 grilband ini harus bubar.

Setelah bubar, para personelnya menjalani aktivitasnya masing-masing. Ada yang masih aktif di dunia hiburan, juga ada yang sudah vakum dari dunia hiburan. Salah satu personel 7 Icons yang bernama Natalia Shasanti atau yang akrab disapa Natly ini memilih untuk berkarier di luar dunia hiburan.

Natly dulu dikenal sebagai sosok yang tomboy dan terkesan jutek. Lama tak terlihat, ia kini berubah dan lebih tertutup. Wanita asal Surabaya ini tampak lebih anggun dan cantik dalam balutan hijab.

Penasaran seperti apa penampilan terbaru Natly 7 Icons? Berikut potretnya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/10/2019).

1. Wanita kelahiran Surabaya, 18 Desember 1988 ini memutuskan untuk berhijrah.

Natly 7 Icons (Sumber: Instagram/@natly88)

2. Natly telihat makin anggun dan cantik dalam balutan hijab.

Natly 7 Icons (Sumber: Instagram/@natly88)

3. Mantan personel 7 Icons ini memilih untuk vakum dari dunia hiburan.

Natly 7 Icons (Sumber: Instagram/@natly88)

4. Natly tetap terlihat fashionable saat menggunakan busana muslim.

Natly 7 Icons (Sumber: Instagram/@natly88)

5. Para penggemar juga memberikan komentar dan dukungan di akun Instagram pribadi Natly.

Natly 7 Icons (Sumber: Instagram/@natly88)

6. Momen Natly saat merayakan lebaran bersama keluarga.

Natly 7 Icons (Sumber: Instagram/@natly88)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Murka, Emery Tetap Sebut Mesut Ozil Penting untuk Arsenal

Posted: 18 Oct 2019 02:45 AM PDT

Liputan6.com, London- Unai Emery langsung merespon kemarahan Mesut Ozil yang merasa selalu jadi kambing hitam saat Arsenal tampil buruk. Ozil belakangan jarang mendapatkan tempat di Arsenal.

Untuk meredam kekesalannya, pelatih Arsenal menyebut Ozil tetaplah pemain penting untuk The Gunners.

Ozil hanya tampil sebanyak dua kali untuk Arsenal musim ini. Di Liga Inggris sendiri, dia tampil sekali saat Arsenal imbang 2-2 lawan Watford.

Inilah yang membuat Ozil dan fans Arsenal juga merasa pemain asal Jerman itu sudah diperlakukan tidak adil.

"Mesut Ozil bagi kami tetap penting. Terkadang, seorang pemain bisa penting saat main atau bisa saja jadi penting saat ada di bangku cadangan," kata Emery yang mempersiapkan tim jelang Arsenal melawan Sheffield United.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Kerja Keras

7. Mesut Ozil – Mantan bintang timnas Jerman ini kesulitan mengeluarkan performa terbaiknya bersama The Gunners. Gelandang yang siap dilego Arsenal Januari mendatang ini akan menjadi buruan utama AC Milan. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Emery juga senang karena Ozil belakangan ini mau untuk berlatih keras. Inilah yang dibutuhkan Arsenal.

"Inilah mental kami dan begitulah kami ingin membangun tim dengan 25 pemain yang ada dalam skuat," kata Emery.

"Ozil juga diperlakukan sama. Dia sudah berlatih keras selama tiga pekan terakhir. Kalau kami butuh dia, kami akan memainkannya."

Sebelumnya Ozil mengaku kesal karena dia selalu disalahkan saat Arsenal tampil buruk. Padahal dia merasa tidak main sendirian.

"Kalau kami tidak tampil bagus di laga besar, ini selalu salah saya. Kalau itu betul, bagaimana dengan hasil buruk lawan tim besar saat saya tidak main," ujarnya.

"Saya tahu orang berharap saya bisa memberi lebih, mendikte permainan dan membuat perbedaan.Saya juga inginkan itu. Tapi ini tak semudah itu."

 

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Bakal Stabil di 2020

Posted: 18 Oct 2019 02:44 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Center of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah memprediksi kondisi kurs atau nilai tukar Rupiah akan stabil di 2020. Bahkan akan cenderung menguat.

Piter menjelaskan, kondisi tersebut sebagai salah satu dampak positif dari adanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang masih akan terus berlangsung.

"Kondisi global karena ada perang dagang itu juga memunculkan peluang," kata dia dalam acara Economy Outlook 2020, di Menara BCA, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Trade war yang berlarut-larut membuat pertumbuhan ekonomi dunia terus mengalami perlambatan. Untuk merespon hal tersebut, maka bank-bank sentral otomatis akan melonggarkan kebijakannya dengan cara menurunkan suku bunga acuan.

"Sehingga peluangnya di 2020 itu dengan lebih longgar tersebut maka kondisi likuiditas global lebih longgar. Ada peluang dana asing masuk ke kita," ujarnya.

Dengan derasnya aliran modal asing masuk ke Indonesia, otomatis akan memperkuat posisi rupiah di pasar.

"Rupiah di tahun depan tekanannya berkurang," ujarnya.

 

Defisit Neraca Perdagangan

Teller menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta, Selasa (15/10/219). Rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.166 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih jauhnya, kondisi rupiah yang stabil tersebut dapat membantu mempersempit defisit neraca perdagangan yang saat ini kian melebar.

"Kondisi kita kan mengalami defisit akibat (tekanan) global dan biasanya akan menghantam ke rupiah. Tapi alhamdulillah karena ada peluang tadi, aliran modal masuk (banyak) dan kita harapkan nilai tukar relatif terjaga pada 2020," tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengungkapkan kondisi Rupiah tetap stabil karena inflow atau aliran masuk ke Indoenesia terus bertambah.

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran investasi asing ke instrumen portofolio pasar keuangan dalam negeri mencapai Rp195,5 triliun dari awal tahun hingga 10 Oktober 2019.

 

Gubernur BI

Gubernur BI Perry Warjiyo bersiap Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (20/6/2019). Rapat memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gubernur BI, Perry Warjiyo menilai, realisasi tersebut cukup baik dan menunjukkan masih tingginya kepercayaan investor asing terhadap kondisi dan fundamental perekonomian Indonesia.

"Itu menunjukkan kepercayaan diri terhadap ekonomi Indonesia maupun imbal hasil investasi dalam negeri terkait SBN masih cukup kuat dan terbukti dari berlanjut arus modal asung ke SBN," ujar dia, Jumat (11/10).

Dari keseluruhan modal asing Rp195,5 triliun tersebut, sebanyak Rp140,6 triliun diinvestasikan ke SBN dan Rp52,9 triliun ke instrumen saham.

Berdasarkan data BI, pada September 2019, Rupiah mencatat apresiasi 0,9 persen secara point to point (ptp) dan 1,0 persen secara rerata dibandingkan dengan level Agustus 2019. Dengan perkembangan tersebut Rupiah sejak awal tahun sampai dengan 18 September 2019 tercatat menguat 2,3 persen (ytd).

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Keseruan Golden Memories Asia 2019 Paling Golden

Posted: 18 Oct 2019 02:40 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Golden Memories Asia 2019 memang menjadi salah satu acara yang selalu menarik perhatian pemirsan Indosiar. Pasalnya, Golden Memories Asia 2019 meyuguhkan tontona yang selalu menghibur dan menjadi ajang nostalgia bagi para pecinta lagu lawas di setiap episodenya.

Detik-detik jelang puncak acara Golden Memories Asia 2019 untuk mengumumkan juara, Indosiar menggelar penghargaan bagi pendukung acara, Rabu (16/10/2019) malam. Mereka adalah para komentator, juri, bintang tamu, host dan bahkan penonton yang datang dari beragam komunitas. Penghargaan itu dengan sebutan paling golden. 

Salah satu nominasi yang diberikan adalah juri paling golden di Golden Memories Asia yang diterima Dewi Yull.

Saksikan selengkapnya keseruan di Golden Memories Asia 2019, di channel Indosiar hanya di Vidio.

 

                                                                                      

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Drama Folder Tugas Kuliah Ini Benar Adanya, Pernah Mengalami?

Posted: 18 Oct 2019 02:40 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang kuliah, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya tugas. Banyak tugas diberikan dosen agar mahasiswa paham dan mengerti materi yang diajarkan. Salah satu bentuk tugas kuliah adalah membuat laporan hingga skripsi.

Mahasiswa dituntut untuk mengerjakan laporan atau skripsi dengan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, mahasiswa harus melakukan beberapa kali bimbingan dan revisi. Terkadang, saat dosen memberikan banyak revisi akan membuat mahasiswa menjadi frustasi.

Seperti postingan akun Twitter @oeliaaaaaa yang membuat tweet tentang drama folder tugas kuliah pada Selasa (15/10/2019). Tak disangka postingan curhat tentang folder tugas kuliah malah ramai dikomentari netizen. Hingga sekarang postingan tersebut sudah mendapat 711 balasan.

Penasaran kan bagaimana drama folder tugas kuliah? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, drama folder tugas kuliah, Jumat (18/10/2019).

1. Mohon bersabar. Badai pasti berlalu kok.

6 Drama Folder Tugas Kuliah Ini Benar Adanya, Pernah Ngalamin? (sumber: Twitter.com/oeliaaaaaa)

2. Skripsi memang terbukti menguji kesabaran.

6 Drama Folder Tugas Kuliah Ini Benar Adanya, Pernah Ngalamin? (sumber: Twitter.com/redsugarr_)

3. Tenang, semua akan wisuda pada waktunya.

6 Drama Folder Tugas Kuliah Ini Benar Adanya, Pernah Ngalamin? (sumber: Twitter.com/nputripe)

4. Final battle? Kayak mau perang aja.

6 Drama Folder Tugas Kuliah Ini Benar Adanya, Pernah Ngalamin? (sumber: Twitter.com/hishigikuzuryu)

5. Memang sudah ada calon pasangannya?

6 Drama Folder Tugas Kuliah Ini Benar Adanya, Pernah Ngalamin? (sumber: Twitter.com/nvsdnprmtsr)

6. Duh, pakai intro segala. Mau nyanyi ya?

6 Drama Folder Tugas Kuliah Ini Benar Adanya, Pernah Ngalamin? (sumber: Twitter.com/olemskuy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Harga Garam Anjlok Rp 200 per kg di Tuban, Petani Mengeluh

Posted: 18 Oct 2019 02:37 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki puncak musim kemarau, para petani garam di Desa Pliwetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, sibuk memanen garam. Saat ini, merupakan musim panen raya garam di desa setempat. Berikut diberitakan program Fokus, 17 Oktober 2019.

Namun, musim panen kali ini tak seperti yang diharapkan para petani garam. Pasalnya, harga garam anjlok hingga mencapai Rp 200 per kilogram. Padahal, pada musim panen sebelumnya, harga garam di kisaran harga Rp 1.000-Rp 1.500 per kilogram.

Kondisi itu membuat petani heran, apalagi pada panen kali ini, kualitas garam yang dihasilkan dinilai bagus, karena cuaca panas yang maksimal. Bahkan, dalam satu petak, para petani bisa memanen hingga 1 ton garam. Dibandingkan hari biasa yang hanya menghasilkan 8 kwintal garam per petak.

Menurut para petani garam, anjloknya harga garam ini terjadi akibat melimpahnya stok garam di pasaran. Harga garam yang hanya Rp. 200 per kilogram membuat petani mengeluh. Pasalnya, harga tersebut dinilai tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan.

"Kualitas garam baik, namun harganya yang murah, Rp 200 per kilogram, sedangkan normalnya Rp 1.500 per kilogram, harapannya harga bisa naik," ujar petani garam, Akhwan.

Para petani berharap, pemerintah segera turun tangan mengatasi dan mencari solusi atas persoalan ini sehingga tiap musim panen garam, harga tidak anjlok dan petani tak merugi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Pengedar Narkoba Jaringan Jakarta-Bandung

Posted: 18 Oct 2019 02:36 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara menangkap pengedar narkoba jenis sabu dan ekstasi jaringan Jakarta-Bandung. Keduanya ditangkap di hari dan dua tempat yang berbeda.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold Hutagalung mengatakan, pihaknya lebih dahulu menangkap pelaku atas nama Faizal Azhari yang merupakan kurir narkoba jaringan Jakarta-Bandung di kawasan Jakarta pada 11 Oktober 2019.

"Di Pelabuhan Tanjung Priok didapatkan informasi bahwa adanya peredaran narkotika jenis sabu dan ekstasi jaringan Jakarta-Bandung," kata Raynold dalam keterangannya, Jumat (18/10/2019).

Berdasarkan hasil penyelidikan, Faizal merupakan kurir narkoba dari seseorang yang berada di Bandung atas nama Risman alias Kribo.

"Kemudian anggota berusaha memancing Risman dan ternyata Risman ada memiliki sabu dan ekstasi di wilayah Cianjur," ujar Raynold.

"Atas keterangan dari Risman tersebut, kemudian unit 1 Sat Resnarkoba dipimpin Kanit 1 berangkat ke Cianjur dan berhasil menangkap tersangka Johan Hasanudin bin Ahmad," sambung dia.

Saat menangkap Johan pada 12 Oktober 2019 sekitar pukul 01.00 WIB, pihaknya menemukan sabu di dalam jaket sebelah kiri yang dipakai Johan sebanyak dua bungkus plastik bening dengan berat 61,82 gram brutto dan 15,64 gram brutto.

 

Hasil Penggeledahan

"Kemudian dilakukan penggeledahan rumah tersangka di Cianjur, ditemukan ekstasi di dalam lemari kamar tersangka sebanyak 2 bungkus plastik bening dengan jumlah 102 butir yang didapat dari Risman (DPO)," jelas Raynold.

"Atas perbuatanya, tersangka dikenakan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," tutup dia.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Terenyuh, Salam Perpisahan 4 Artis Korea Selatan untuk Sulli

Posted: 18 Oct 2019 02:31 AM PDT

Liputan6.com, Seoul - Pada Senin (14/10/2019), Sulli eks f(x) telah meninggal dunia di kediamannya yang terletak di Seongnam, Korea Selatan. Jenazah Sulli pertama kali ditemukan oleh manajernya setelah ia tidak mendapatkan respons dari sang artis.

Dari hasil awal pemeriksaan autopsi, tidak ditemukan tanda-tanda bahwa Sulli meninggal karena pembunuhan. Polisi berencana untuk segera menutup investigasi atas kematian Sulli. Laporan dari KBS, Senin (14/10/2019) menyebutkan bahwa Sulli meninggal karena bunuh diri.

Semasa hidupnya, Sulli sebenarnya merasa tertekan dengan komentar-komentar jahat warganet. Sulli sempat melaporkan hal tersebut kepada agensinya, SM Entertainment. Namun, agensi raksasa ini disebut bersikap pasif.

Kematian Sulli ini tentunya sangat mengejutkan banyak pihak, termasuk para artis Korea Selatan. Berikut adalah empat artis Korea Selatan yang mengucapkan salam perpisahan yang mengharukan untuk Sulli.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

1. Goo Hara

Sulli dan Goo Hara.  (Instagram/ koohara__)

Goo Hara memang dikenal sangat dekat dengan Sulli. Dalam siaran live di Instagram-nya, Goo Hara mengatakan bahwa mereka sangat dekat seperti saudara. Goo Hara juga sempat menangis ketika siaran live-nya tersebut. Goo Hara juga mengunggah foto kebersamaannya dengan Sulli di Instagram-nya pada Senin (14/10/2019).

"Lakukan apa pun yang ingin kamu lakukan di dunia ini," tulis Goo Hara dalam keterangan fotonya.

 

2. Victoria

Ucapan selamat tinggal Victoria f(x) untuk Sulli (Instagram/ victoria02_02)

Mantan leader f(x), Victoria juga menyampaikan rasa belasungkawanya di akun Instagram pribadinya pada Kamis (17/10/2019). Victoria mengunggah foto para anggota f(x) ketika masih aktif di industri musik.

"Sulli ~ cuaca hari ini bagus. Selamat tinggal ~ Aku tidak akan lupa. Aku mencintaimu," tulis Victoria dalam keterangan fotonya.

 

3. Goo Hye Sun

Goo Hye Sun. (Sumber: Instagram/@kookoo900)

Kepedihan tidak hanya dirasakan oleh para musisi Korea Selatan, namun aktris Goo Hye Sun juga mengungkapkan rasa sedihnya. Goo Hye Sun mengunggah foto bertuliskan, "Bayi Sulli, tidurlah, aku mencintaimu."

"Aku mencintaimu," tulis Goo Hye Sun dalam keterangan fotonya.

4. Hong Suk Chun

Hong Suk Chun dan Sulli (Instagram/ tonyhong1004)

Aktor Hong Suk Chun juga mengunggah kesedihannya atas kepergian Sulli. Hong Suk Chun dan Sulli pernah bersama-sama menjadi bintang tamu dalam acara Strong Heart pada 2012 lalu. Hong Suk Chun mengunggah swafotonya dengan Sulli.

"Memikirkan ini akan menjadi foto terakhirku bersamamu. Aku bilang kita harus tetap melaluinya bersama, tapi aku sudah menjadi (teman) yang buruk yang membiarkanmu pergi tanpa mengucapkan selamat tinggal. Maaf, aku sangat menyesal. Aku harap kau tidak lagi terluka di tempat itu dan dapat melakukan apa pun yang kau inginkan. Aku akan mengingkat betapa cantiknya dirimu. Malam ini adalah malam yang menyedihkan," tulis Hong Suk Chun dalam keterangan fotonya.

(Maria Advensiani/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Pekan Kedelapan: Juventus Tantang Bologna

Posted: 18 Oct 2019 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Liga Italia 2019-2020 kembali bergulir akhir pekan ini. Sebelumnya, kompetisi sempat libur dua pekan karena jeda internasional.

Liga Italia akan memasuki pekan kedelapan. Laga Lazio kontra Atalanta di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (19/20/2019), akan menjadi laga pembuka.

Laga lainnya Juventus menghadapi Bologna. Bermain di Allianz Stadium, Juventus berpeluang meraup tiga poin dan menjaga tren belum terkalahkan.

Jadwal Liga Italia lainnya mempertemukan Sassuolo melawan Inter Milan. Bermain tandang, Inter tentu ingin bangkit setelah dikalahkan Juventus 1-2 pada pekan sebelumnya.

Berikut jadwal lengkap Liga Italia pekan kedelapan di halaman berikutnya:

 

 

Jadwal Pertandingan

Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Sabtu, 19 Oktober 2019

20.00 WIB, Lazio vs Atalanta

23.00 WIB, Napoli vs Hellas Verona

Minggu, 20 Oktober 2019

01.45 WIB, Juventus vs Bologna

17.30 WIB, Sassuolo vs Inter Milan

20.00 WIB, Cagliari vs SPAL

20.00 WIB, Sampdoria vs Roma

20.00 WIB, Udinese vs Torino

23.00 WIB, Parma vs Genoa

Jadwal Selanjutnya

Senin, 21 Oktober 2019

01.45 WIB, AC Milan vs Lecce

Selasa, 22 Oktober 2019

01.45 WIB, Brescia vs Fiorentina

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tesla Dapat Izin Produksi di Tiongkok

Posted: 18 Oct 2019 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla akhirnya meraih izin dari otoritas Tiongkok untuk mulai melakukan produksi di sana.

Pihak yang mengeluarkan izin ini adalah Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok.

"Lampu hijau sepenuhnya diberikan kepada Tesla untuk melakukan produksi di Tiongkok," kata Yale Zhang, kepala konsultan Automotive Foresight yang berbasis di Shanghai, dikutip dari Reuters, Jumat (18/10/2019).

Namun, perusahaan yang didirikan dan dipimpin oleh Elon Musk itu belum menanggapi kabar ini.

Diwartakan sebelumnya, Tesla telah mendaftarkan sebuah unit konstruksi di Tiongkok. Hal itu merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk masuk ke pasar mobil di Tiongkok.

Menurut Sistem Publisitas Informasi Perusahaan Nasional Tiongkok, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (3/10/2019), perusahaan berbasis di California itu telah membuka unit konstruksi di Shanghai dengan modal terdaftar senilai USD 1 juta.

Operasional

Kelak unit konstruksi itu akan menangani rancangan desain, konstruksi dan material.

Selain itu, unit tersebut mendapuk Zhu Xiaotong, sebagai petinggi Tesla di Tiongkok, yang juga merupakan perwakilan hukum perusahaan.

Sebelumnya Tesla telah membangun fasilitas produksi mobil di Shanghai sejak Januari. Fasilitas produksi itu diperkirakan memiliki kapasitas produksi hingga 250.000 kendaraan per tahun pada tahap awalnya.

Pabrik senilai USD 2 miliar itu menjadi taruhan besar perusahaan karena menghadapi lebih banyak persaingan dari pembuat kendaraan listrik domestik dan pendapatannya telah terkena kenaikan tarif impor Amerika Serikat.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Usai Dirampok, Pemilik Salon Minta Pelaku Tak Dihukum

Posted: 18 Oct 2019 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pemilik salon dirampok oleh empat pegawainya sendiri. Saat dilaksanakan reka ulang kejadian, korban meminta para pelaku tidak dihukum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Ciri Umum Protista Mirip Jamur dan Peranannya bagi Kehidupan

Posted: 18 Oct 2019 02:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Protista merupakan mikroorganisme eukariota bukan hewan, tumbuhan, atau fungus. Protista terbagi menjadi tiga kategori, yaitu protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan, dan protista mirip hewan. Di setiap kategorinya memiliki ciri yang berbeda-beda. Begitu juga dengan ciri umum protista mirip jamur.

Pada protista mirip jamur sering dikelompokkan ke dalam kingdom fungi, namun sekarang pada umumnya para ahli telah mengelompokkannya ke dalam kingdom protista. Ada ciri umum protista mirip jamur yang perlu dikenali untuk membedakannya dengan yang lain.

Berikut ada beberapa ciri umum protista mirip jamur dari masing-masing filummnya seperti Myxomycota, Acrasiomycota, dan Oomycota. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan ciri umum protista mirip jamur, Jumat (18/10/2019).

Mengenal Protista Mirip Jamur

Ilustrasi Jamur / Sumber: Unsplash

Sebelum mengenal ciri umum protista mirip jamur, ada baiknya untuk mengenal apa itu protista mirip jamur. Protista mirip jamur merupakan spesies yang berada dalam kingdom protista, namun memiliki kemiripan dengan jamur.

Tetapi kini para ahli telah mengelompokkannya ke dalam kingdom protista. Dikatakan demikian karena protista mirip jamur menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya dalam bentuk uniseluler.

Akan tetapi, protista mirip jamur dapat bergabung dan berkelompok sehingga membentuk organisme multiseluler. Dalam keadaan inilah protista mirip jamur mengalami masa transisi dari uniseluler menuju multiseluler.

Protista mirip jamur atau yang lebih dikenal dengan jamur lendir memiliki susunan sel, cara reproduksi, dan siklus hidup yang berbeda dari jamur. Apabila dibandingkan berdasarkan perbandingan molekuler, jamur lendir sangat mirip dengan sebagian alga walaupun jamur lendir tidak memiliki kloroplas.

Protista mirip jamur terdiri atas tiga filum, yaitu Myxomycota, Acrasiomycota, dan Oomycota.

Ciri Umum Myxomycota atau Jamur Lendir Tidak Bersekat

Ilustrasi Jamur / Sumber: Pixabay

Protista mirip jamur yang pertama adalah filum Myxomycota. Filum Myxomycota ini terdiri dari jamur lendir. Anggota Myxomycota biasanya memiliki pigmen kuning atau oranye dan bersifat heterotrof.

Ciri umum protista mirip jamur ini seperti hewan dan jamur, yaitu pada fase vegetatifnya yang berupa massa sitoplasma yang telanjang atau plasmodium. Ciri-cirinya heterotrof sporofit, menghasilkan spora motil, dan memiliki dua fase (vegetative dan generative).

Plasmodium ini dapat bergerak seperti amoeba di atas substart dan mencerna makanan secara fagositosis, menelan partikel atau sel secara langsung. Hal tersebut terjadi jika plasmodium merayap ke tempat yang kering akan terbentuk badan buah atau fruiting body yang kemudian badan buah tersebut akan berkembang dan membentuk spora berinti satu yang diselubungi dinding sel.

Myxomycota bereproduksi secara seksual dengan spora yang dibentuk di dalam sporangia bertangkai. Kamu bisa melihat atau menemukan Myxomycota di hutan basah, batang kayu membusuk, tanah lembap, dan kayu lapuk. Beberapa contoh dari spesies Myxomycota adalah Aethalium septicum, Dictyostelium discoideum, Physarium sp, Fuligo varians, dan Tubifera sp.

Ciri Umum Acrasiomycota atau Jamur Lendir Bersekat

Ilustrasi Jamur / Sumber: Unsplash

Filum Acrasiomycota atau yang biasa disebut jamur lendir uniseluler, pada dasarnya lebih mirip dengan protozoa uniseluler. Fase vegetatifnya merupakan sel yang berfungsi sebagai individu.

Filum Acrasiomycota ini merupakan jamur lendir yang memiliki initi bersekat. Jamur kelompok ini memiliki ciri umum protista mirip jamur berupa tahapan atau fase makan berupa sel-sel yang hidup soliter, namun setelah makanannya habis sel-sel tersebut akan membentuk agregat atau koloni dalam suatu unit.

Walaupun kumpulan selnya mirip dengan Myxomycota, sel-sel Acrasiomycota ini tetap mempertahankan identitasnya dan terpisah oleh membran mereka. Jamur ini bereproduksi dalam satu unit. Jamur ini bereproduksi secara seksual dengan singami sel ameboid dan secara aseksual dengan membentuk tubuh buah atau fruiting body.

Pamur lendir plasmodium memiliki fase haploid dan diploid. Ciri umum protista mirip jamur Acrasiomycota ini memiliki tubuh buah yang berfungsi sebagai alat reproduksi seksual. Contoh anggota filum Acrasiomycota adalah Coenonia sp, Dictyostelium discoid, Polysphondylium sp, dan Actyostelium sp.

Oomycota atau Jamur Air

Ilustrasi Jamur / Sumber: Unsplash

Ciri umum protista mirip jamur dari Oomycota adalah memiliki tubuh berupa benang hifa yang berinti banyak atau hifa tak bersekat dan kebanyakan hidupnya di habitat akuatik dan terrestrial. Oomycota ini dikenal sebagai jamur air atau water molds, karat putuh atau white rust, dan downy mildew.

Jamur air ini memiliki sifat heterotrof dengan cara parasit atau sporofit dengan mengambil makanan dengan memasukkan hifa ke dalam jaringan inang, mengeluarkan enzim pencernaan, kemudian menghisap larutan hasil pencernaan.

Oomycota memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Pada umumnya, jamur air merupakan pengurai yang tumbuh pada alga atau hewan mati. Ciri umum protista mirip jamur ini berkembangbiak secara seksual dan aseksual.

Secara seksual, perkembangbiakan terjadi dengan penyatuan gamet jantan (dihasilkan oleh anteridium) dan gamet betina (dihasilkan oleh oogonium). Sedangkan secara aseksual dengan cara membentuk zoospore berflagel. Pada saat reproduksi, zoospore bergerak dengan berenang cepat. Peristiwa ini terjadi di dalam air.

Contoh anggota yang termasuk dalam filum Oomycota ini seperti Phytophtora infestans, Phytium debaryanum, Saprolegnia, Saccharomyces cerevisiae, Plasmospora viticola, dan Downy mildew.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Livoli 2019: Kharisma Lolos ke Semifinal

Posted: 18 Oct 2019 02:20 AM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Tim putri Kharisma Bandung belum berhenti membuat kejutan di Livoli 2019 Divisi Utama. Berstatus sebagai tim promosi, Yasmin Nafsiah dan kawan-kawan lolos ke semifinal.

Tiket semifinal Livoli didapat Kharisma setelah mengalahkan Vita Solo di GOR Dimyati, Tangerang, Banten, Jumat (18/10/2019). Tim asuhan Agus Irawan ini menang 3-0 (25-17, 25-20, 25-17).

Hasil ini sekaligus membalas kekalahan Kharisma dari Vita Solo pada final Livoli 2018 Divisi Satu di tempat yang sama. Ketika itu, Kharisma kalah dengan skor ketat 2-3 (25-17, 18-25, 25-18, 20-25, 15-12).

Selain itu, hasil ini juga sesuai target Kharisma. Klub asal Bandung itu menargetkan lolos ke babak empat besar atau minimal bertahan di Livoli.

Di semifinal, Kharisma akan menghadapi lawan kuat, Bank Jatim, Sabtu (19/10/2019). Megawati Hangestri Pertiwi dan kolega merupakan juara bertahan dalam dua edisi terakhir Livoli.

 

Semifinal Lainnya

Popsivo Awali Livoli Divisi Utama 2019 dengan Kemenangan atas JWS (Ist)

Satu tiket semifinal akan diperebutkan tim putri PGN Popsivo Polwan dengan TNI AU. Kedua tim dijadwalkan bertanding pada pukul 18.30 WIB di tempat yang sama.

Pemenang dari Popsivo melawan TNI AU akan menghadapi TNI AL. TNI AL yang masih dilatih Pascal Wilmar adalah runner up musim lalu.

 

Bagian Putra

Di bagian putra, dua tiket semifinal sisa akan diperebutkan Indomaret, TNI AU, Sukun-DPUPR Grobogan, dan Yuso Yogyakarta. Indomaret akan bertemu TNI, sedangkan Sukun-DPUPR menghadapi Yuso.

Dua tim yang sudah lolos ke semifinal adalah juara bertahan Bhayangkara Samator dan Berlian Bank Jateng.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Anak Langit Episode Jumat, 18 Oktober 2019

Posted: 18 Oct 2019 02:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari mulai pukul 16.45 WIB Anda bisa menyaksikan episode Anak Langit.

Sinetron Anak Langit menyajikan drama dikombinasi dengan adegan laga memikat.

Jangan lewatkan epiosde Anak Langit kal ini via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pelantikan Presiden, Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute

Posted: 18 Oct 2019 02:19 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan sejumlah pengalihan rute terkait penutupan jalan, dua hari jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober nanti.

"Untuk tetap melayani pelanggan layanan Operasional Transjakarta terjadi Pengalihan Rute sejak pukul 05:00 WIB," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Disposanjoyo di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Rute yang mengalami pengalihan arus pertama adalah rute 1B yang melayani Stasiun Palmerah - Tosari, untuk sementara layanan tidak melewati halte Dukuh Atas 1 sampai DPR 2.

Lalu disusul rute 1F yang melayani Stasiun Palmerah - Bundaran Senayan untuk sementara layanan tidak melewati halte Senayan JCC sampai DPR 2.

Rute S41 untuk layanan Pondok Cabe arah Tanah Abang turut mengalami pengalihan rute sehingga layanan dari arah Tanah Abang tidak melewati Istora Senayan hingga Museum Tekstil.

Rute terakhir yang mengalami pengalihan rute adalah layanan koridor 9K dengan jurusan Kampung Rambutan-Grogol, tidak ada armada TransJakarta yang melayani mulai dari Halte Senayan JCC sampai Slipi Petamburan.

"Layanan Transjakarta akan beroperasi kembali seperti semula sampai dengan Penutupan Jalur dibuka kembali oleh Pihak Kepolisian," kata Nadia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Protes Krisis Ekonomi, Warga Lebanon Bentrok dengan Polisi

Posted: 18 Oct 2019 02:18 AM PDT

Pengunjuk rasa antipemerintah melempari polisi dengan pagar dalam protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Ribuan orang turun ke jalan melampiaskan kemarahannya kepada para politisi yang mereka tuduh korup dan salah urus negara. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pengunjuk rasa antipemerintah melempari polisi dengan pagar dalam protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Ribuan orang turun ke jalan melampiaskan kemarahannya kepada para politisi yang mereka tuduh korup dan salah urus negara. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pengunjuk rasa antipemerintah bentrok dengan polisi dalam protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Selain usulan pengenaan pajak untuk penggunaan internet, pemerintah Lebanon juga akan meningkatkan pajak untuk rokok dan BBM. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pengunjuk rasa antipemerintah bentrok dengan polisi dalam protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Selain usulan pengenaan pajak untuk penggunaan internet, pemerintah Lebanon juga akan meningkatkan pajak untuk rokok dan BBM. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pengunjuk rasa antipemerintah meneriakkan slogan-slogan terhadap pemerintah dalam protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Mereka meneriakkan

Pengunjuk rasa antipemerintah meneriakkan slogan-slogan terhadap pemerintah dalam protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Mereka meneriakkan

Seorang pengunjuk rasa antipemerintah membakar pembatas jalan plastik dan sampah untuk memblokir jalan selama protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Kamis (17/10/2019). Protes ini dengan cepat menyebar menjadi demo besar yang terjadi di Lebanon. (AP Photo/Hassan Ammar)

Seorang pengunjuk rasa antipemerintah membakar pembatas jalan plastik dan sampah untuk memblokir jalan selama protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Kamis (17/10/2019). Protes ini dengan cepat menyebar menjadi demo besar yang terjadi di Lebanon. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pengunjuk rasa berlarian saat polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa selama protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Saat ini Lebanon menjadi salah satu negara dengan utang terbesar di dunia. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pengunjuk rasa berlarian saat polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa selama protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Saat ini Lebanon menjadi salah satu negara dengan utang terbesar di dunia. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pengunjuk rasa berlarian saat polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa selama protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Massa marah kepada para politisi yang mereka tuduh korup dan salah urus negara. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pengunjuk rasa berlarian saat polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa selama protes menentang rencana pengenaan pajak baru di Beirut, Lebanon, Jumat (18/10/2019). Massa marah kepada para politisi yang mereka tuduh korup dan salah urus negara. (AP Photo/Hassan Ammar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Live Streaming Indosiar Persib vs Persebaya Exclusive di Vidio

Posted: 18 Oct 2019 02:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan. Indosiar dan Vidio Premier bakal menyiarkan duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019. Pertandingan itu bakal disiarkan langsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (18/10/2019) malam.

Pertandingan ini menjadi sangat berat buat Persib Bandung. Pasalnya, Maung Bandung bermain di luar kandang. Kendati demikian, pelatih Persib, Robert Alberts menegaskan pasukannya harus siap mental penuh demi tiga poin.

"Kami memang menghadapi situasi yang sulit, jadi kami datang ke Bali. Tapi ini adalah laga kandang yang jauh dari kandang, dan Persebaya tidak jauh ke Bali," ujar Robert, Kamis (17/10/2019).

Sementara itu, Persebaya Surabaya datang ke Gianyar tanpa kekuatan penuh. Sebanyak enam pemain harus absen karena berbagai alasan.

Irfan Jaya ditinggal di Surabaya karena terkena akumulasi kartu. Rachmat Irianto dan Mochamad Supriadi harus tampil bersama Timnas Indonesia, U-22 dan U-18. Sedangkan, tiga pemain sisanya mengalami cedera.

Jangan lupa ya selain  di Indosiar, Anda dapat menyaksikan pertandingan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya secara exclusive live streaming di Vidio Premier mulai pukul 18.30 WIB dengan klik di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Akhir Pekan, IHSG Ditutup Naik ke 6.191,94

Posted: 18 Oct 2019 02:13 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini. Nilai tukar rupiah berada di level 14.145 per dolar AS.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat(18/10/2019), IHSG ditutup di zona hijau dengan naik 10,93 poin atau 0,18 persen ke level 6.191,94. Sementara itu, indeks saham LQ45 juga naik 0,71 persen ke posisi 954,59.

Sebanyak 202 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara 197 saham melemah dan 147 saham diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 545.719 kali dengan volume perdagangan 16,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 9,9 triliun.

 

Investor asing jual saham Rp 301,98 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.145.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, empat sektor berada di zona merah. Pelemahan dipimpin oleh sektor barang konsumsi yang anjlok 2,81 persen. Diikuti oleh sektor perkebunan yang turun 1,91 persen, sektor manufaktur turun 1,03 persen dan sektor pertambangan turun tipis 0,02 persen.

Sementara itu, sektor yang berada di zona hijau sehingga membawa IHSG ke zona hijau antara lain sektor aneka industri naik 1,23 persen, sektor keuangan naik 1,11 persen, dan sektor konstruksi naik 0,99 persen.

Sementara saham-saham yang menguat antara lain INTD yang naik 34,12 persen ke Rp 228 per saham, TFCO naik 24,7 persen ke Rp 414 per saham dan TIRA naik 17,92 persen ke Rp 250 per saham.

Saham-saham yang melemah antara lain YPAS turun 18,42 persen ke Rp 412 per saham, OPMS turun 13,82 persen ke Rp 212 per saham dan IBFN turun 12,61 persen ke Rp 208 per saham.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Sesuai Prediksi

Pekerja tengah melintas di dekat papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (29/12/2017), IHSG menguat 41,60 poin atau 0,66 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih akan bergerak perkasa di pasar saham untuk perdagangan Jumat ini.

Meski dirundung oleh aksi ambil untung (profit taking), potensi penguatan indeks menurut analis masih cukup terbatas. Para analis optimistis IHSG akan kembali ke zona hijau.

"Sambil investor menanti rilis laporan keuangan perusahaan kuartal III-2019, IHSG diprediksi menguat," kata Vice President PT Artha Sekuritas Frederik Rasali dikutip dari risetnya Jumat (18/10/2019).

Untung rentang IHSG, dia bilang kemungkinan akan berkisar di support 6.144-6.162 dan resistance 6.198-6.216.

Sementara itu, dari sisi teknis, IHSG juga diproyeksi akan berlabuh positif di zona hijau. Perkiraanya, akan diperdagangkan di rentang 6.196-6.230.

"Potensi bullish pada indeks berpeluang menuju ke area resistance," ungkap Analis PT Binaartha Parama Sekuritas Nafan Gustama.

Adapun menurutnya sejumlah saham pertambangan wajib dipertimbangkan investor untuk hari ini. Itu seperti saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

Sedangkan Frederik lebih yakin terhadap saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), hingga saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha MT125 Terbaru Makin Sangar

Posted: 18 Oct 2019 02:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup lama menjadi perbincangan, Yamaha secara resmi merilis video teaser MT-125. Siap dijual untuk pasar otomotif Eropa, sepeda motor pabrikan Jepang ini memiliki desain seperti MT-15.

Seperti dilansir Bikewale, Jumat (18/10/2019), bagian depan MT-125 terlihat sama MT-15. Mendapat headlamp proyektor LED, sepeda motor memiliki tangki bahan bakar yang terlihat agresif.

Tak hanya itu, bagian ekor mungil juga mampu memberikan kesan sporty layaknya motor naked. Bila MT-15 memiliki telescopic forks, a box-type swingarm dan single-channel ABS, MT-125 hanya mendapatkan inverted forks, aluminium-cast swingarm dan dual-channel ABS.

Untuk dapur pacu, MT-125 disematkan mesin silinder tunggal 124,7cc dengan VVA (Variable Valve Actuation) yang mampu menyemburkan tenaga higga 14.5 Tk pada 9.000rpm dan 12.4 Nm pada 8.000 rpm.

Terkait transmisi, MT-125 disematkan gearbox enam percepatan yang dibantu kopling slipper. Memiliki ground clearance 140mm dan berat kotor 140kg, motor terbaru ini diklaim nyaman digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Di pasar Eropa, Yamaha akan menawarkan MT-125 terbaru dalam tiga pilihan warna, yakni ice fluo, icon blue dan midnight black.

Meski sudah dipastikan meluncur, Yamaha masih enggan memberikan bocoran terkait harga yang ditawarkan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

New Yamaha MT-25 Tampil Lebih Sangar dan Punya Fitur Baru

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan model terbaru dari Yamaha MT-25. Naked bike andalan Yamaha di kelas 250cc tersebut mengalami sederet penyegaran.

"Penyegaran terhadap MT-25 adalah suatu upaya dari Yamaha Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus berkembang seiring dengan perubahan tren gaya hidup masa kini," terang Yordan Satriadi selaku Deputy GM Marketing PT YIMM dalam keterangan resminya, Rabu (10/2/2019).

Dari segi tampilan, new MT-25 kini lebih garang dan berkarakter. Lampu utamanya bak mata alien. Mirip-mirip lah dengan sang adik, MT-15.

Headlight berjenis proyektor tersebut dipadu daytime running lights (DRL) LED di atasnya. Berbeda dengan motor sport Yamaha lainnya, MT-25 terbaru sudah menggunakan lampu sein LED. Jadi makin terlihat elegan.

Menariknya, panel instrumen terlihat seperti menyatu dengan lampu utama. Sangat proporsional. Panel instrumen new MT-25 sudah full digital dengan shift timing light. Beragam informasi disajikan, mulai dari speedometer, odometer, fuel meter, trip meter, dan lain-lain.

Ubahan lain yang dialami MT-25 adalah kondom tangki yang ukurannya lebih besar. Selain itu, desain shroud juga baru dan lebih besar. Alhasil motor ini nampak lebih kekar dan berotot.

Seperti Yamaha R25, MT-25 juga menggunakan shock depan upside down. Selain jadi terlihat lebih mewah, pengaplikasian shock jenis ini juga untuk menunjang kenyamanan selama berkendara.

Tampilan buritan MT-25 juga serupa dengan R25. Bentuknya meruncing dan tidak lagi dilengkapi behel. Lampu belakang sudah LED dan terdapat lampu mungil untuk menerangi pelat nomor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen di Balik Pemotretan Foto Resmi Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin

Posted: 18 Oct 2019 02:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden RR terpilih untuk periode 2019-2024. Keputusan ini disahkan setelah dilaksanakannya pemilihan umum atau Pemilu pada 17 April 2019 lalu. 

Jelang pelantikan pada 20 Oktober 2019 mendatang, Kementerian Sekretariat Negara  (Mensesneg) telah merilis foto resmi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto resmi ini yang akan dipakai di kantor-kantor pemerintahan dan berbagai lembaga negara. 

Mensesneg Pratikno menandatangani surat edaran yang ditujukan kepada para pimpinan lembaga negara, para menteri Kabinet Kerja, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Selain itu juga ditujukan untuk Para Pimpinan Lembaga Non Struktural, para Gubernur Provinsi di Seluruh Indonesia, para Bupati dan Wali kota di seluruh Indonesia, dan para Kepala Perwakilan RI di luar negeri melalui Menteri Luar Negeri, dikutip dari Merdeka. 

Selain itu masyarakat kini bisa melihat dan mengunduh foto resmi Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin lewat situs Setneg. Menariknya sang fotografer yang ditunjuk untuk mengabadikan foto resmi tersebut membagikan momen di balik layar pemotretannya. Dari unggahan akun Instagram @darwis_triadi, terlihat beberapa momen Presiden Jokowi dan Ma'ruf ketika menjalani pemotretan yang justru santai meski berbalut jas resmi. 

Berikut ini 6 potret dibalik pemotretan foto resmi Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin untuk periode 2019-2024 dilansir dari Instagram @darwis_triadi oleh Liputan6.com, Jumat (18/10/2019).

1. Inilah momen persiapan Presiden Jokowi untuk pemotretan foto resmi bersama Darwis Tridadi.

Sebentar lagi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, ini momen dibalik pemotretan resmi Jokowi dan Ma'ruf Amin. (Sumber: Instagram/@darwis_triadi)

2. Darwis Tridadi membantu Presiden Jokowi untuk pengambilan gambar.

Sebentar lagi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, ini momen dibalik pemotretan resmi Jokowi dan Ma'ruf Amin. (Sumber: Instagram/@darwis_triadi)

3. Presiden Jokowi ikut melihat hasil jepretan sang fotografer.

Sebentar lagi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, ini momen dibalik pemotretan resmi Jokowi dan Ma'ruf Amin. (Sumber: Instagram/@darwis_triadi)

4. Ma'ruf Amin pun berpose untuk pengambilan foto resminya sebagai Wakil Presiden.

Sebentar lagi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, ini momen dibalik pemotretan resmi Jokowi dan Ma'ruf Amin. (Sumber: Instagram/@darwis_triadi)

5. Momen ketika Ma'ruf Amin ikut melihat hasil jepretan Darwis Tridadi di kameranya.

Sebentar lagi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, ini momen dibalik pemotretan resmi Jokowi dan Ma'ruf Amin. (Sumber: Instagram/@darwis_triadi)

6. Tak hanya Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin, tampak pula Mensesneg Pratikno ikut mendampingi.

Sebentar lagi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, ini momen dibalik pemotretan resmi Jokowi dan Ma'ruf Amin. (Sumber: Instagram/@darwis_triadi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembangkan Program PKBM, Dirjen PSP Resmikan Warehouse UPJA di Ogan Komering Ilir

Posted: 18 Oct 2019 02:09 AM PDT

Liputan6.com, Ogan Komelir Ilir Kementerian Pertanian mendukung penuh pengembangan Pertanian Korporasi Berbasis Mekanisasi (PKBM) yang bertujuan untuk optimalisasi pemanfaatan alat mesin pertanian (Alsintan). Hal ini diwujudkan dengan peresmian Warehouse UPJA Widhatama, di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Love Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) yang dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy mengatakan melalui Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) bisa menurunkan biaya produksi usahatani, meningkatkan produksi dan pendapatan petani serta meningkatkan minat kaum milenial dalam berusaha tani. 

"Sehingga ada kemandirian pemanfaatan Alsintan dan manajemen UPJA dengan bisnis modern," ujar Sarwo Edhy saat meresmikan Warehouse UPJA Widhatama, Jumat (18/10).

Sarwo Edhy mengungkapkan, Kementan sudah mengadakan kegiatan percontohan seperti ini di lima lokasi yang ditetapkan berdasarkan SK Dirjen PSP No 07.1/2019. Di antaranya di Kabupaten Tuban-Jatim, Sukoharjo-Jateng, Konawe Selatan-Sultera, Barito Kuala-Kalsel dan di Kabupaten Ogan Komering Ilir-Sumsel.

"Pemilihan 5 lokasi percontohan ini ditentukan berdasarkan daerah-daerah sentra padi. Kelima warehouse ini berada di daerah penyangga pangan Provinsi masing-masing," kata Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy mengungkapkan, untuk pembangunan warehouse ini, pihaknya telah mengeluarkan anggaran Rp 400 juta. Sementara Alsintan yang diperbantukan juga senilai Rp 400 juta.

"Anggaran tersebut untuk please gudangnya saja. Karena untuk lahan bisa dari Pemerintah Daerah atau lahan hibah. Untuk 2020 kita akan bangun lagi 10 warehouse di daerah-daerah sentra produksi lainnya," ungkap Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy berharap nanti percontohan ini bisa digunakan untuk desa-desa dan kecamatan lain di Kabupaten OKI. Dari hasil keuntungannya, diharapkan bisa dimanfaatkan untuk pengembangan lagi, seperti membeli Alsintan secara mandiri.

"Di sini ada ruang untuk menyimpan Alsintan. Kemudian ada juga ruang perbengkelannya," sebutnya.

Yang menarik, di warehouse ini juga terdapat Pertamini atau pom pengisian bahan bakar sendiri. Sarwo Edhy mengaku tengah berkoordinasi dengan BP Migas agar warehouse-warehouse yang ada di seluruh Indonesia mendapat alokasi BBM bersubsdi.

 

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy saat meresmikan Warehouse UPJA Widhatama, Jumat (18/10).

"Sehingga semua Alsintan yang ada mengisi BBM-nya di warehouse. Jangan ada lagi petani membawa traktor atau Alsintan lainnya ke SPBU," kata Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy menambahkan, pengelolaan alsintan oleh UPJA/Poktan/Gapoktan kedepan diarahkan secara bisnis. Untuk itu harus ada pengurus dalam UPJA/Poktan/gapoktan yang mau dan mampu mengelola pelayanan jasa alsintan secara professional.

"Sekali lagi saya berharap bahwa dengan adanya bengkel Alsintan yang dikelola bersama oleh UPJA Widhatama ini dapat membantu dalam meningkatkan produksi dan usaha tani warga sekitar," pungkasnya.

Bupati OKI Iskandar mengatakan, daerah yang dipimpinnya saat ini sedang menargetkan produksi padi 1,3 juta ton di 2020. Saat ini produksi padi di OKI mencapai 850 ribu ton.

Untuk mencapai target tersebut, Bupati Kabupaten OKI Iskandar mengatakan akan mengerahkan segenap jajarannya untuk mengoptimalkan potensi agraris di daerah ini, termasuk mengoptimalkan penggunaan Alsintan bantuan dari Kementan.

"Kami punya lahan mencapai 129.000 hektare yang bisa dikembangkan menjadi 150.000 ha dengan peningkatan produksi yang ada, kami optimistis bisa capai target 1 juta ton GKG (gabah kering giling)," katanya.

Bupati Iskandar mengapresiasi Kementan yang menjadikan OKi daerah percontohan untuk Program PKBM. Dirinya berjanji bila percontohan ini berhasil, pihaknya akan mengalokasikan anggaran dari APBD untuk membangun warehouse-warehouse serupa di Kecamatan lain.

"Dengan mekanisasi pertanian terbukti meningkatkan Indeka Pertanian (IP) OKI dari IP100 menjadi IP200. Kami sedang mengejar IP300. Dengan adanya Program PKBM yang dapat mengelola Alsintan lebih profesional, kami optimis target-target kami tercapai," pungkas Bupati Iskandar.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jabatan KSP Berakhir Besok, Moeldoko Sebut Akan Pulang Kampung

Posted: 18 Oct 2019 02:06 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menghabiskan hari terakhirnya memimpin staf presiden dengan bekerja di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). Dia mengungkapkan berencana setelah tidak bertugas sebagai KSP akan liburan dan pulang kampung ke Kediri, Jawa Timur.

"Saya mau liburan. Liburan pulang kampung," kata Moeldoko di Kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

Dia pun enggan menjawab terkait apakah ada tawaran dari Jokowi untuk bergabung di Kabinet Kerja jilid II. Moeldoko mengklaim belum dipanggil untuk urusan tugas biasa.

"Pertanyaan sensi saja. Tanya lain lagilah, enggak belum dipanggil, urusan dengan tugas biasa," kata Moeldoko.

Sebelumnya dia menjelaskan, lembaga yang dipimpinnya akan bubar pada 19 Oktober 2019. Menurutnya, lembaga serupa akan kembali dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat peraturan presiden (perpres) yang baru nanti.

"Tanggal 19 nanti sudah off semuanya, setelah itu akan muncul lagi perpres berikutnya," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Rabu (16/10/2019).

KSP Berganti Nama

Dia mengatakan, kemungkinan KSP akan berubah nama, namun sampai hari ini belum diputuskan oleh Jokowi. Selain berganti nama, ia menyebut KSP akan memiliki tugas baru, yakni delivery unit.

"Apakah berdiri sendiri atau di bawah Setkab, kita enggak ngerti," ujar Moeldoko.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

APINDO Kaltim Siap Akomodir dan Kembangkan Investasi Ibu Kota Baru

Posted: 18 Oct 2019 02:05 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pemerintah lepaskan sebagian lahan ke individu bukan pengembang. Tujuannya untuk kembangkan investasi di ibu kota negara baru. Hal ini pun siap didukung oleh APINDO Kaltim dalam akomodir investasi ke wilayah Kaltim.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) merencanakan untuk membeli lahan seluas 10.000 hektare dari rencana Presiden Joko Widodo untuk melepas lahan ibu kota seluas total 30.000 hektare.

Ketua Umum APINDO Kalimantan Timur (Kaltim) Slamet Brotosiswoyo mengatakan anggota APINDO telah bersepakat terkait hal tersebut saat pelantikan pengurus APINDO Kaltim hingga periode 2024 mendatang. Hal itu karena APINDO ingin dapat mengakomodir investasi ke Kaltim secara baik.

Dia menekankan lahan yang dibeli itu nantinya diperuntukkan bagi pembangunan industri perdagangan dan kegiatan ekonomi. Hal itu sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh Presiden Jokowi itu, yakni pembangunan akan dilakukan dalam jangka waktu selama dua tahun.

"Ini baru kesepakatan APINDO saja. Tetapi, ingin dikomunikasikan dengan pak Gubernur dulu nanti baru  disampaikan kepada Presiden dan pengelola. Mudah-mudahan Pak Gubernur sendiri yag menjadi Kepala Otoritanya sehingga komunikasinya lebih mudah. APINDO mendukung," tekannya.

Roya itu apa? Cari Tahu Selengkapnya Di sini

Selanjutnya apabila disetujui, APINDO tinggal menunggu pembagian master plan dari pemerintah. Apaalgi diharapkan sifatnya menguntungkan secara jangka panjang.

Dia mengkalkulasikan apabila mengacu pada rencana Presiden semula bahwa harga lahan yang dijual senilai Rp2 juta per hektare, maka pemerintah sudah bisa meraup manfaat senilai hampir separuh dari kebutuhan pendanaan IKN senilai Rp200 triliun.

Adapun terkait dengan badan otorita yang menjadi pemegang otoritas, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan hal itu menjadi dibutuhkan ketika IKN sudah mulai masuk konstruksi.

Menurut Bambang, badan otorita tersebut bisa menjadi pihak yang berkontrak dengan pihak ketiga berkontrak investor baik swasta maupun BUMN. Bambang mengharapkan sebelum 2020 badan otorita sudah terbentuk dan posisinya akan menjadi lebih kuat lagi apabila Undang-Undang (UU) sudah disepakati.

"Berbicara mengenai kewenangan badan otorita itu sendiri dalam mas konstruksi dan operasi," tekannya.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menyebutkan rencana pembiayaan pemindahan ibu kota mengandalkan Kerjasama Pemerintah dan Badan usaha (KPBU). Adapun dari kebutuhan biaya total senilai Rp466 triliun. Skema KPBU ditargetkan bisa mendanai senilai Rp253,4,2 triliun (54,4%) dari APBN Rp89,4 triliun (19,2%) dan sisanya investasi langsung BUMN/D/swasta Rp127,2 triliun (26,4%).

Masing-masing sumber biaya tersebut akan digunakan untuk pendanaan yang berbeda-beda. APBN akan digunakan Pembangunan Istana Negara, bangunan strategis TNI/POLRI, Gedung Legislatif dan Yudikatif, Pengadaan lahan, Ruang terbuka hijau, dan Pangkalan Militer,

Sementara KPBU yakni untuk infrastruktur dasar (Air Minum), Sanitasi, Rumah dinas ASN/TNI/POLRI, Pembangunan infrastruktur utama (selain yang telah tercakup dalam APBN), Gedung Eksekutif, Transportasi Massa berbasis rel.

Terakhir investasi langsung oleh BUMN/D, Swasta, Perumahan umum, Pembangunan perguruan tinggi dan Lembaga Pendidikan Swasta, Sains, Teknologi, Sarana kesehatan, Swasta, Pusat perbelanjaan, MICE.

Presiden Jokowi mengatakan rencana melepas lahan kepada masyarakat diharapkan dapat menutupi kebutuhan anggaran pembangunan ibu kota baru. Bahkan, apabila rencana ini terlaksana, sumber pembiayaan melalui APBN boleh jadi tidak diperlukan lagi. Presiden Jokowi meyakini, masyarakat tertarik untuk bermukim di ibu kota baru.

Baca Selengkapnya: Panduan Beli Rumah Pertama

Pemerintah berencana mengenakan harga yang terjangkau. Lahan itu hanya boleh dibeli individu, bukan oleh pengembang. Sebagai bentuk pengawasan, pemerintah akan merancang peraturan bahwa lahan yang sudah dibeli, mesti dibangun dalam waktu dua tahun. Apabila dalam dua tahun, individu tak segera membangunnya, pemerintah melalui badan otorita sebagai pemegang otoritas di ibu kota baru akan menarik sertifikat lahan tersebut.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Termasuk 50 Roti Terenak di Dunia, Gambang Makin Dikenal Generasi Milenial

Posted: 18 Oct 2019 02:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - CNN baru saja melansir daftar 50 roti terenak dari seluruh dunia, rangka Hari Roti Sedunia yang jatuh setiap 16 Oktober, . Satu roti khas Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut adalah roti gambang.

Masuk kategori jadul, gambang menempati posisi 19 dalam daftar tersebut. Roti ini memang sudah lama ada di Indonesia. Dilansir dari laman Sari Husada dan Enjoy Jakarta (Dinas Pariwisata DKI Jakarta), roti gambang adalah makanan yang hampir punah.  Makanan ringan ini merupakan warisan dari zaman Belanda yang mempunyai cita rasa yang unik dan khas. 

Gambang sebenarnya sejenis dengan kue bolu, tapi bedanya roti gambang tidak menggunakan gula putih namun menggunakan gula merah atau gula aren sebagai pemanis makanannya.  Karena dulu sangat sulit mendapatkan gula putih.

Bahan lainnya terdiri dari tepung, margarin, telur, bubuk kayu manis, susu, serta bahan lainnya.  Makanan ini banyak dijual namun sejak banyak orang Betawi yang migrasi ke luar atau ke pinggiran kota Jakarta maka sudah jarang sekali kita temukan penjual makanan ini.

Namun masih ada beberapa penjual roti tradisional yang biasanya menggunakan gerobak sepeda yang masih menjual roti ini. Beberapa usaha kue rumahan juga masih membuat roti ini dengan beragam kreasi.

Dinamakan gambang karena bentuknya memang mirip dengan alat musik tradisional masyarakat Betawi yaitu gambang kromong. Gambang keromong adalah sejenis musik orkes yang memadukan unsur gamelan dengan alat musik Tionghoa. Seperti sukong, kongahyan dan tehyan.

Roti ini memiliki aroma yang khas kalau dibandingkan dengan roti lainnya. Jika roti biasa pada umumnya mengunakan bumbu spekoek/bumbu lapis legit maka roti gambang mengunakan bubuk kayu manis yang lebih simpel tapi aromanya sangat khas yang pastinya akan tercium oleh hidung kita.

Dijual di Jaringan Bioskop Terbesar

Roti gambang dari Betawi kini masuk dalam kategori roti jadul yang jarang ditemui. (Liputan6.com/Ossid Duha Jussas Salma)

Dari segi tekstur, roti gambang cukup empuk namun tidak selembut roti biasa. Gambang juga tidak semanis roti biasa karena penggunaan gula aren dan warna kecoklatan dari warna alami gula merah. Ciri khas lainnya, selalu ada taburan wijen diatas roti gambang sebagai pemanis.

Roti gambang cocok disantap sebagai sarapan ataupun teman minum teh di sore hari. Disarankan, kalau ingin makan roti gambang maka kita tak perlu lagi menambahkan gula di dalam minuman kita.

Cara memakannya pun agak berbeda dengan roti kebanyakan yaitu sobek dahulu sedikit roti gambang lalu dicelupkan di kopi atau teh tanpa gula.

Meski disebut sudah langka, roti ini kemungkinan akan lebih dikenal generasi milenial karena bisa dijumpai di toko makanan di jaringan bioskop terbesar di Indonesia.

Roti yang dikemas di dalam plastik ini ukurannya lebih kecil dan lebih lembut dari roti gambang pada umumnya, tapi rasanya sama enaknya dengan roti gambang tradisional.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Geladi Kotor Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Posted: 18 Oct 2019 02:01 AM PDT

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Untuk geladi resik akan digelar pada Sabtu, 19 Oktober 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Untuk geladi resik akan digelar pada Sabtu, 19 Oktober 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Persiapan pelantikan mulai dari sarana prasarana, pengamanan, sumber daya manusia, dan publikasi sudah disiapkan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Persiapan pelantikan mulai dari sarana prasarana, pengamanan, sumber daya manusia, dan publikasi sudah disiapkan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Menurut Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, persiapan acara pelantikan sudah hampir maksimal. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Menurut Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, persiapan acara pelantikan sudah hampir maksimal. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono menyebut tidak ada kendala untuk melaksanakan persiapan acara pelantikan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono menyebut tidak ada kendala untuk melaksanakan persiapan acara pelantikan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Geladi kotor digelar untuk mempersiapkan acara pelantikan pada 20 Oktober 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Geladi kotor digelar untuk mempersiapkan acara pelantikan pada 20 Oktober 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Untuk geladi resik akan digelar pada Sabtu, 19 Oktober 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Untuk geladi resik akan digelar pada Sabtu, 19 Oktober 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Persiapan pelantikan mulai dari sarana prasarana, pengamanan, sumber daya manusia, dan publikasi sudah disiapkan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Persiapan pelantikan mulai dari sarana prasarana, pengamanan, sumber daya manusia, dan publikasi sudah disiapkan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Menurut Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, persiapan acara pelantikan sudah hampir maksimal. (Liputan6.com/JohanTallo)

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Menurut Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, persiapan acara pelantikan sudah hampir maksimal. (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Olimpiade 2020, Jepang Impor Ebola untuk Cegah Wabah Masuk

Posted: 18 Oct 2019 02:01 AM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Pada musim panas tahun depan, puluhan ribu penggemar olahraga diperkirakan akan memasuki Jepang untuk menonton langsung Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, Negeri Matahri Terbit ini tak mau kecolongan. Mereka khawatir para wisatawan mungkin membawa dan menyebarkan patogen mematikan ketika berada di tanah Jepang.

Untuk mengurangi risiko merebaknya wabah berbahaya, pemerintah Negeri Sakura bahkan mengimpor virus Ebola dan empat patogen mematikan lainnya pada September kemarin demi mempersiapkan tes diagnostik, menurut laporan berita lokal.

Patogen tersebut merupakan virus paling berbahaya yang pernah diizinkan masuk ke Jepang, menurut sebuah laporan yang dipublikasikan di jurnal Nature, dikutip dari Live Science, Jumat (18/10/2019).

Semua virus yang masuk dalam kategori "biosafety-level-4" (BSL-4), maka harus disimpan di fasilitas khusus di mana para peneliti juga mengikuti protokol keamanan yang ketat.

Satu-satunya fasilitas yang memenuhi persyaratan ini --National Institute of Infectious Diseases milik Kementerian Kesehatan Jepang-- berada di Musashimurayama, sekitar 19 mil (30 kilometer) barat Tokyo.

Selain Ebola, fasilitas tersebut juga menyimpan empat virus terkait lainnya: "The Marburg and Lassa" dan virus yang menyebabkan demam berdarah Amerika Selatan dan demam berdarah Krimea-Kongo, menurut laporan Nature.

Sampel langsung akan digunakan untuk memvalidasi tes diagnostik yang menentukan apakah seseorang dengan salah satu virus-virus itu masih bisa menular atau tidak.

"Uji ini juga mencari tahu antibodi pelawan virus yang bisa dihasilkan dari tubuh seseorang," ujar Direktur Departemen NIID, Masayuki Saijo, yang bertanggung jawab atas virus demam berdarah.

Diprotes Warga

Awak media mengunjungi Stadion Nasional Tokyo, yang akan menjadi pusat penyelenggaraan Olimpiade 2020, di Tokyo pada Rabu (3/7/2019). Stadion tersebut didesain oleh arsitek Jepang, Kengo Kuma, dan konstruksinya mewakili koneksi Jepang dengan alam bebas. (Behrouz MEHRI/AFP)

Laboratorium BSL-4 mengharuskan para ilmuwan untuk mengenakan pakaian bertekanan yang menutupi sekujur tubuh, disuplai udara, mengganti pakaian mereka sebelum masuk, mandi segera setelah keluar lab, dan dekontaminasi semua bahan sebelum keluar, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Laboratorium itu sendiri harus ditempatkan di gedung terpisah atau bagian terisolasi. Fasilitas pun harus dilengkapi dengan sistem pembuangan udara khusus, jalur vakum, serta sistem dekontaminasi.

Laboratorium NIID berdiri sebagai salah satu dari sedikit fasilitas BSL-4 di Asia, sedangkan Amerika Serikat dan Eropa masing-masing memiliki sekitar selusin laboratorium yang beroperasi atau sedang dibangun, menurut Nature.

"Kami telah mencapai tingkat pemahaman yang baik tentang masalah ini. Ini adalah langkah besar menuju perlindungan terhadap potensi ancaman virus saat kami bersiap menyambut para penonton acara olahraga dari seluruh dunia," kata Takumi Nemoto dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan dalam sebuah pengumuman pada 27 September, melansir The Japan Times.

Namun, warga Jepang yang tinggal di dekat fasilitas itu memiliki keprihatinan serius.

NIID mengumumkan niatnya untuk mengimpor virus pada November di sebuah audiensi publik, di mana penduduk setempat memprotes rencana itu, The Japan Times melaporkan.

"Adalah omong kosong bagi pemerintah untuk memberitahu kami terkait rencana Olimpiade," ujar seorang perwakilan dari asosiasi penduduk, Raizuka, yang tinggal di dekat fasilitas penyimpanan Laboratorium Cabang Murayama NIID, kepada The Asahi Shimbun. "Kami khawatir dan tidak bisa menerimanya."

Meskipun fasilitas NIID dibangun untuk menangani patogen BSL-4 pada 1981, protes dari penduduk setempat mencegah lembaga tersebut membawa virus ke Jepang, Nature melaporkan.

Pada 2015, pihak dari kementerian kesehatan dan kantor wali kota Musashimurayama akhirnya memutuskan untuk menjadikan fasilitas sebagai laboratorium BSL-4, yang berpotensi sebagai dampak wabah Ebola di Afrika Barat, menurut laporan Nature sebelumnya.

Tetapi sampai tahun ini, tidak ada patogen BSL-4 yang diimpor. Sampai sekarang, para peneliti Jepang harus mengajukan permohonan akses ke laboratorium BSL-4 di luar negeri yang terverifikasi, kata ahli virus Ayato Takada dari Hokkaido University di Sapporo, Jepang, kepada Nature.

 

Tak Sengaja Terlepas

Seorang peserta melihat layar proyeksi yang memperlihatkan rupa virus Ebola saat sesi presentasi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Los Angeles, California, 7 November 2014. (David McNew/Getty Images/AFP)

Para ahli mengatakan kepada Nature bahwa mengimpor virus akan memungkinkan para peneliti untuk membentengi Jepang dair virus yang mewabah sebelum, selama, dan setelah Olimpiade Tokyo 2020. Selain itu, mereka juga dapat mempelajari penyakit terkait yang dibawa oleh hewan.

"Sebuah laporan infeksi virus Ebola karena Olimpiade, berkonsekuensi menghancurkan negara jika respon darurat tidak dilakukan," kata ahli mikrobiologi Elke Mühlberger dari Boston University kepada Nature.

Ilmuwan lain berpikir bahwa proliferasi global laboratorium BSL-4 dapat menempatkan manusia pada risiko lebih besar dari serangan bioteror.

Menyimpan virus berbahaya, bahkan di laboratorium yang sangat aman, meningkatkan risiko pelepasan yang disengaja atau tidak disengaja, demikian kata Richard Ebright, ahli biologi molekuler dan spesialis biosekuriti di Rutgers University di Piscataway, New Jersey.

Menurutnya, Jepang dapat mempersiapkan diri untuk kemungkinan datangnya wabah selama Olimpiade Tokyo 2020 tanpa terlebih dahulu mengimpor patogen yang dimaksud.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asmara Janda Muda Berakhir dengan Tersebarnya Foto-Foto Vulgar

Posted: 18 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Kisah percintaan tak semuanya berjalan mulus dan berakhir bahagia. Contoh nyatanya, terjadi dalam kisah kasih seorang janda muda asal Banyumas dan seorang pria asal Cilacap.

Bukannya berakhir di pelaminan, percintaan mereka justru berbuah petaka. Si lelaki, tega menyebarkan foto-foto vulgar si janda muda.

Cinta memang tak mengenal usia. Itu pula yang dirasakan oleh P, janda muda asal Kejawar, Banyumas. Ia menjalin cinta dengan S (44), buruh lepas asal Jalan Nyamplung, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap utara, Cilacap.

Layaknya orang yang dimabuk asmara, P selalu menuruti permintaan S. Bahkan, ketika S meminta foto-foto vulgar, termasuk foto telanjang janda muda ini.

Nah, seperti dibilang di muka, kisah cinta tak selalu mulus. Kemesraan S dan P tak berlangsung lama. Hubungan mereka renggang dan kandas.

Rupanya S sakit hati. Ia pun mengunggah foto-foto vulgar si janda muda ke media sosial, yang ironisnya adalah akun milik P.

Foto-foto vulgar itu pun beredar luas. P sendiri mengetahui foto-foto vulgarnya beredar di dunia maya setelah diberitahu oleh tetangganya. Foto itu juga disertai dengan kata-kata kasar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jerat Pidana untuk Penyebar Foto Vulgar

S ditangkap lantaran menyebarkan foto-foto vulgar di media sosial dan dijerat dengan UU ITE. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Saat hubungan asmaranya mulai merenggang pelaku merasa sakit hati kemudian mengunggah foto foto vulgar korban di media sosial," ucap Kasatreskrim Polres Cilacap, AKP Onkoseno G Sukahar, dalam keterangan tertulisnya, Kamis malam, 17 Oktober 2019.

Belakangan diketahui, S memang pernah meminta akun media sosial P. Foto-foto ini dunggah ke akun milik P lantaran sakit hati.

"Bahwa akun Facebook yang sering mengunggah foto telanjang pelapor tersebut merupakan milik pelapor namun dikuasai oleh terlapor bahwa foto tersebut pernah diminta oleh terlapor," katanya.

Mengetahui foto-foto vulgarnya beredar di dunia maya, P tentu saja malu. Ia tak terima dan langsung melaporkan ke kepolisian.

Polisi bertindak cepat merespon laporan ini. Usai lidik, S yang diketahui sedang bekerja di lingkungan RSUD Cilacap ini pun ditangkap.

Polisi menyita sebuah ponsel yang diduga digunakan pelaku untuk mengunggah konten porno tersebut. Polisi juga berhasil mengumpulkan bukti-bukti foto-foto vulgar yang diunggah pelaku.

S tak bisa bisa mengelak bahwa dia lah yang menyebarkan konten-konten porno dengan bukti-bukti yang disodorkan kepolisian. Status S pun meningkat dari saksi terlapor menjadi tersangka.

Kepada polisi, S mengakui semua perbuatannya. S nekat mengunggah foto vulgar lantaran diputus cintanya oleh pacarnya P, si janda muda.

"Pelaku diputusin sebagai pacar oleh pelapor, serta tidak mau berhubungan dengan terlapor lagi," katanya.

Pelaku dijerat dengan pasal 27 ayat (1) UU No 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) karena diduga telah Mendistribusikan, Mentransmisikan, Membuat, Dapat Diaksesnya Informasi Elektronik atau Dokumen Elektronik yang Bermuatan Asusila, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Telepon Menteri Tengah Malam, Jokowi: Maaf Ya, Kondisinya Mendesak

Posted: 18 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada jajaran menteri kabinet kerja yang telah membantunya menjalankan roda pemerintahan. Jokowi mengenang dirinya yang kerap kali menghubungi para menteri, Kapolri Jenderal Tito Karnavian hingga Kepala BIN Budi Gunawan di tengah malam.

"Saya juga minta maaf, sering Bapak Ibu saya ganggu tengah malam, saya enggak sekali dua kali telpon ke Pak Tito, Kepala BIN, Bu Menteri Keuangan tengah malam saya telepon, Bu Menteri (Luar Negeri) Retno Marsudi, Pak Basuki (Menteri PUPR) juga sama," ujar Jokowi dalam acara silaturahmi bersama Wapres JK dan menteti kabinet di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta juga mengaku terpaksa langsung menghubungi Komandan Korps Marinir Mayjen Suhartono dan KSAD Jenderal Andika Perkasa, tanpa melalui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jokowi mengatakan beberapa kali memanggil Direktur tanpa memberi tahu Menteri BUMN Rini Soemarno. Dia menuturkan bahwa hal tersebut dilakukannya sebab ada keperluan yang sangat mendesak.

"Karena sangat mendesak, informasi yang dibutuhkan, tengah malam pagi subuh. Karena kita diberi tanggung jawab kelola 260 juta jiwa di negara kita," jelas Jokowi.

Acara silaturahmi ini berlangsung sangat cair dan santai. Jokowi-JK dan para menteri sempat berfoto bersama di Halaman Istana Merdeka. Setelah itu, mereka makan bersama di Istana Negara.

Pihak Istana juga menyuguhkan hiburan agar suasana semakin cair. Tak hanya itu, ada juga penampilan ada beberapa menteri.

"Mungkin dalam lima tahun ini kita baru bertemu agak santai hari ini, pas akhir2 kita baru bertemu, baru ada yang nyanyi biasanya kalau enggak ratas, rapat, rapat paripurna," kata Jokowi.

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR pasa 20 Oktober mendatang. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut acara pelantikan dilakukan pukul 14.30 WIB.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Game Online, Candu atau Hiburan?

Posted: 18 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Permainan video game online memiliki dua sisi bertentangan. DI satu sisi dapat mengedukasi dan mengasah kreatifitas, di sisi lainnya ternyata dapat menimbulkan kecanduan yang merusak otak para pecandunya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Habis Budget Promo Film Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar Mengaku Ini Penyebabnya

Posted: 18 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah film Gundala yang berhasil mengguncang bioskop di Indonesia, Joko Anwar kembali menayangkan film horror terbarunya yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam. Pada hari pertama penayangan, Perempuan Tanah Jahanam atau yang disingkat menjadi PTJ mencapai 117.001 penonton.

Ternyata proses syuting Perempuan Tanah Jahanam sempat terhenti selama delapan hari. Hal itu disebabkan karena Joko Anwar sebagai sutradara PTJ terkena demam berdarah hingga harus di opname. Hal tersebut dikatakan Joko melalui akun twitter @jokoanwar.

"Jadi, waktu suting Perempuan Tanah Jahanam saya kena demam berdarah diopname 8 hari di Bangil. Suting libur 8 hari," tulis akun @jokanwar pada Jumat (18/10/2019).

Kekurangan Biaya Promo Film

Twitter @jokoanwar

Dalam cuitannya, Joko Anwar juga mengaku bahwa uang untuk promosi film PTJ habis karena ia sakit. Meskipun proses syuting dihentikan selama delapan hari, namun uang harus terus dikeluarkan untuk beberapa hal seperti akomodasi kru dan sewa alat syuting. Kurangnya uang untuk promosi film membuat Joko lebih gencar melakukan promosi di media sosial, salah satunya twitter.

"Maaf kalau saya promo terus di Twitter ya, teman-teman," ujar Joko pada cuitannya.

Memaksa Tetap Syuting

twitter @jokoanwar

Joko juga menceritakan kondisinya ketika terserang demam berdarah. Ia terbaring di tandu hingga berhalusinasi.

"Ngeliat di gambar Tara Basro-nya ada 3 gitu," katanya.

Tetapi kala itu Joko tetap memaksa untuk melanjutkan proses syuting dalam kondisi dirinya terbaring di tandu. Para kru yang melihat kondisi Joko yang cukup parah melakukan pemberontakan dengan cara menyembunyikan kamera agar proses syuting dihentikan.

"Kru maksa saya mau masuk rumah sakit. Kameranya diumpetin. Hahhaa.. Gilak," lanjut Joko.

Minta Maaf Berkali-kali

Twitter @jokoanwar

Joko Anwar meminta maaf berkali-kali karena ia terus mempromosikan PTJ melalui twitternya. Tetapi Netizen memaklumi perbuatan Joko Anwar dan tetap mendukung karyanya.

"Namanya orang jualan bang, kami follower siap menanggungnya. Apapun isi twit anda, kami follower siap menampung dan mengapresiasi." - @dedijendol

"Nggak apa bang @jokoanwar aku juga sering share di whatsapp ig ke  temen temen supaya mereka nonton karena filmnya emang bagus :)" - @Fathirrr__

"Jangan maaf Om! malah saya seneng denger untold stories dari behind the scene.. ayo share lebih banyak trivia... hehe 😊" - @abocajoe

"Lho gapapa. Platform begini mah emang harus dimanfaatkan keleus." - @Kanewgara

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Akhir Masa Jabatan, Menkes Nila Sampaikan Pesan Khusus

Posted: 18 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjelang akhir masa jabatan, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat. Nila mengungkapkan bahwa tindakan pencegahan penyakit secara dini perlu gencar disosialisasikan. 

"Kita harus terus melakukan pencegahan secara dini dan promotif. Cara ini akan mengubah kesadaran masyarakat menjadi lebih peduli terhadap kesehatan," ucap Nila usai konferensi pers Launching Prevalensi Data Stunting Tahun 2019 di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

"Tanpa kesehatan yang baik, kita tidak bisa beraktivitas secara produktif."

Nila juga mengingatkan masyarakat untuk memperbanyak makan sayur dan buah. Selain itu, perlu cek kesehatan secara berkala.

"Artinya, tidak sekadar, 'mari makan sehat sayur dan buah' tapi juga cek kesehatan berkala karena penyakit tidak menular bisa saja meningkat, seperti diabetes," lanjut Nila

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jalin Kerjasama yang Baik

Dalam konferensi pers di Kemnterian Kesehatan pada Jumat (18/10/2019), Menkes Nila menyampaikan, kerjasama yang baik lintas sektor dapat membuat penurunan stunting berhasil. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Wanita 70 tahun ini  juga berharap model pendekatan keluarga Indonesia Sehat dilaksanakan di tiap rumah.

"Setiap warga dan rumah mendapat sentuhan kesehatan. Caranya, para petugas atau tenaga kesehatan mampu menemukan sedini mungkin penyakit yang dialami warga lalu mengobatinya," tambahnya.

Menilik angka stunting yang menurun sebesar 27,67 persen pada tahun 2019, Kementerian Kesehatan tak bisa bergerak sendiri dalam menurunkannya. Perlu ada kerja sama  terus menerus dengan kementerian/lembaga lain.

"Enggak mungkin kita kerja sendiri. Stunting berhasil turun juga berkat kerjasama dengan kementerian/lembaga lain. Contohnya, kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyediakan akses air bersih," Nila menerangkan. 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Pertandingan Borneo FC vs Bali United di Vidio

Posted: 18 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makin seru Shopee Liga 1 2019 terus bergulir sampai hari ini. Jumat (18/10/2019) malam ini giliran Borneo FC yang  menantang Bali United di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur.

Membanggakan, Borneo FC kini berada di posisi keempat klasemen sementara. Tim Pesut Etam mengoleksi 34 poin dari 21 laga.

Tidak kalah membanggakan, Bali United masih bercokol di puncak klasemen Shopee Liga 1 2019. Serdadu Tridatu mengoleksi 48 poin dari 20 laga.

Kemenangan bakal membuat Bali United menjauhi para pesaingnya. Sementara bagi Borneo, kemenangan akan membuat mereka bersaing di tiga besar klasemen.

Jangan lupa Anda bisa menyaksikan live streaming Vidio Borneo FC Vs Bali United dimulai pukul 18.30 WIB dengan klik di sini.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cantiknya Aktris Pendatang Baru Dannia Salsabilla

Posted: 18 Oct 2019 01:57 AM PDT

Dannia Salsabilla yang baru berusia 18 tahun ini menarik perhatian dengan wajah blasterannya yang cantik. (Liputan6.com/IG/@danniasalsabilla)

Dannia Salsabilla yang baru berusia 18 tahun ini menarik perhatian dengan wajah blasterannya yang cantik. (Liputan6.com/IG/@danniasalsabilla)

Rambut cokelat Dannia Salsabilla yang panjang menjadi daya tarik tersendiri. (Liputan6.com/IG/@danniasalsabilla)

Rambut cokelat Dannia Salsabilla yang panjang menjadi daya tarik tersendiri. (Liputan6.com/IG/@danniasalsabilla)

Dannia Salsabilla dikabarkan akan berperan sebagai Amanda dalam film adaptasi novel berjudul 'Mariposa' yang akan tayang pada 2020 mendatang. (Liputan6.com/IG/@danniasalsabilla)

Dannia Salsabilla dikabarkan akan berperan sebagai Amanda dalam film adaptasi novel berjudul 'Mariposa' yang akan tayang pada 2020 mendatang. (Liputan6.com/IG/@danniasalsabilla)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Koleksi Sepatu Mewah Syahrini, Ada yang Capai Rp 130 Juta

Posted: 18 Oct 2019 01:55 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu selebriti Indonesia yang cukup sering mendapat sorotan ialah Syahrini. Mulai dari lagu-lagunya, jargon hingga penampilan Syahrini selalu mencuri perhatian netizen.

Wanita yang memiliki nama lengkap Fatimah Syahrini Zaelani ini mulai dikenal luas sebagai penyanyi setelah merilis album pada 2008. Syahrini juga pernah ambil bagian dalam mengisi sebuah soundtrack film COklat Stroberi dengan lagu Tatapan Cinta. Nama Syahrini sendiri semakin dikenal setelah menjadi rekan duet Anang Hermansyah pada 2011.

Tak hanya soal kariernya saja yang menjadi sorotan. Akan tetapi penampilan wanita kelahiran 1 Agustus 1982 ini juga kerap mencuri perhatian. Bahkan, pernikahan Syahrini dengan Reino Barack pada 27 Februari 2019 menjadi perbincangan di berbagai media.

Tentu saja, sebagai seorang selebritis penampilan wanita 37 tahun ini kerap jadi sorotan. Pasalnya, Syahrini dikenal pula sebagai salah satu sosialita dan kerap mengenakan barang-barang branded. Mulai dari baju, tas hingga sepatu.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @fashionsyahrini, Jumat (18/10/2019) berikut ini beberapa koleksi sepatu mewah dari Syahrini yang memiliki harga fantastis.

1. Saat mengenakan pakaian serba hitam, Syahrini memilih mengenakan sepatu dari Saint Laurent. Sepatu ini ditaksir memiliki harga Rp 32,5 juta.

Sepatu Syahrini (Sumber: Instagram/fashionsyahrini)

2. Syahrini yang identik dengan penampilan mewahnya juga pernah mengenakan sepatu keluaran Dolce & Gabbana seharga Rp 53 juta loh.

Sepatu Syahrini (Sumber: Instagram/fashionsyahrini)

3. Untuk menunjang penampilannya, ia juga sering mengenakan heels seperti heels dari merek Roger Vivier yang bernilai Rp 28,9 juta.

Sepatu Syahrini (Sumber: Instagram/fashionsyahrini)

4. Tak selalu mengenakan sepatu dengan hak tinggi. Istri dari Reino Barack ini juga sempat terllihat mengenakan sandal dari Hermes dengan seri Oran Crocodile Mules senilai Rp 29,5 juta.

Sepatu Syahrini (Sumber: Instagram/fashionsyahrini)

5. Sepatu boot dari Hermes yang berwarna coklat koleksi Syahrini ini memiliki harga sebesar Rp 28,6 juta.

Sepatu Syahrini (Sumber: Instagram/fashionsyahrini)

6. Penampilan Syahrini memang selalu terlihat memukau. Ia juga pernah mengenakan sepatu dari Tom Ford dengan seri Black Fur Spike Heel Boot seharga Rp 44,9 juta.

Sepatu Syahrini (Sumber: Instagram/fashionsyahrini)

7. Penampilannya kerap mendapat sorotan, Syahrini juga pernah mengenakan sepatu keluaran Saint Laurent seri Niki Swarovski Crystal Embellished Leather Knee Boots dengan harga Rp 130 juta.

Sepatu Syahrini (Sumber: Instagram/fashionsyahrini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imam Nahrawi Ajukan Permohonan Praperadilan

Posted: 18 Oct 2019 01:54 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, tersangka kasus suap penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora pada KONI Tahun Anggaran 2018, mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Seperti dikutip dari sistem informasi penelusuran perkara pada laman pn-jakartaselatan.go.id, Jumat (18/10/2019), Imam resmi mengajukan praperadilan pada Selasa (8/10/2019) pekan lalu dengan nomor perkara 130/Pid.Pra/2019/PN.JKT.SEL terhadap termohon, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) cq pimpinan KPK dengan klarifikasi perkara sah atau tidaknya penetapan tersangka.

Adapun sidang perdana praperadilan Imam akan digelar pada Senin (21/10/2019) mendatang dipimpin oleh hakim tunggal Elfian. Pada sidang perdana, pihak pemohon akan membacakan permohonan praperadilannya.

Dalam petitum permohonan praperadilan Imam, disebutkan pertama, menerima dan mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya.

Kedua, menyatakan penetapan tersangka terhadap Imam Nahrawi (pemohon) yang didasarkan pada Surat Perintah Penyidikan Nomor Sprin.Dik/94/DIK.00/01/08/2019, tanggal 28 Agustus 2019 terkait dugaan tindak pidana korupsi.

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B UU 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto UU 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi adalah tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

Ketiga, seperti dikutip Antara, menyatakan Surat Perintah Penyidikan Nomor Sprin.Dik/94/DIK.00/01/08/2019, tanggal 28 Agustus 2019 yang menetapkan pemohon sebagai tersangka oleh termohon dan melakukan tindakan penahanan terkait dugaan tindak pidana korupsi.

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B UU 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto UU 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi adalah tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

Keempat, menyatakan Surat Perintah Penahanan Nomor Sprin.Han/111/DIK.01.03/01/09/2019, tanggal 27 September 2019 yang menetapkan pemohon untuk dilakukan penahanan oleh termohon terkait dugaan tindak pidana korupsi.

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B UU 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. UU 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi adalah tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

Kelima, memerintahkan kepada termohon untuk menghentikan seluruh tindakan penyidikan terhadap pemohon sebagaimana adanya Surat Perintah Penyidikan Nomor Sprin.Dik/94/DIK.00/01/08/2019, tanggal 28 Agustus 2019.

Keenam, menyatakan tidak sah segala penerbitan sprindik dan penetapan tersangka lainnya yang dikeluarkan lebih lanjut oleh termohon yang berkaitan dengan penetapan tersangka dan penahanan terhadap diri pemohon hingga terbuktinya keterkaitan perbuatan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Miftahul Ulum dengan pemohon sampai memperoleh putusan yang berkekuatan hukum tetap.

Ketujuh, memerintahkan termohon untuk mengeluarkan pemohon seketika sebagai tahanan Rutan KPK cabang Pomdam Guntur Jakarta Timur sejak putusan dibacakan.

Kedelapan, menghukum termohon untuk membayar biaya perkara yang timbul dalam perkara a quo.

Untuk Kepentingan Pribadi

Diketahui, KPK pada Rabu 18 September 2019 telah mengumumkan Imam dan asisten pribadinya Miftahul Ulum sebagai tersangka. Imam diduga menerima uang dengan total Rp 26,5 miliar.

Uang tersebut diduga merupakan commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh pihak KONI kepada Kemenpora Tahun Anggaran 2018, penerimaan terkait Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima, dan penerimaan lain yang berhubungan dengan jabatan Imam selaku Menpora.

Uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak Iain yang terkait.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Luncurkan Program Listrik Ramah Lingkungan untuk Papua

Posted: 18 Oct 2019 01:53 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) berusaha menyelesaikan tantangan geografis di Papua agar jangkauan listrik di wilayah tersebut makin meluas. Untuk itu, PLN meluncurkan program 1.000 Renewable Energy for Papua agar mencapai rasio elektrifikasi 100 persen pada tahun 2020.

Inisiatif ini adalah sekuel dari gerakan Ekspedisi Papua Terang di bulan Agustus hingga September 2018. Ekspedisi itu mengumpulkan data demografi dan geografi terkait penyusunan rencana paling efektif untuk melistriki ratusan desa di provinsi Papua dan Papua Barat.

"Masih ada sekitar 1.724 desa yang gelap gulita dari jumlah 7.358 desa, sehingga oleh karena itu PLN meluncurkan program 1.000 Renewable Energy for Papua sebagai tindak lanjut Ekspedisi Papua Terang," ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi F.X. Sutijasto dalam peluncuran program ini di Jakarta, Jumat (18/10/2019). 

Energi terbarukan dipilih karena berdasarkan survei PLN ada empat Energi Baru Terbarukan (EBT) yang potensial di Papua, yakni Pembakit Listrik Tenaga Pikohidro, Tabung Listrik, Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan panel surya yang bisa berfungsi hingga 20 tahun, dan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa yang bisa menerangi 200 rumah.

 

PLT Pikohidro

Progress sebaran pembangkit listrik dan jaringan tranmisi yang telah dibangun PT. PLN demi program 35.000 MW untuk Indonesia.

PLT Pikohidro merupakan pembangkit skala kecil yang memanfaatkan air untuk menghasilkab hingga 5.000 watt. Sekiranya enam rumah bisa dialiri listrik berkat teknik ini.

Sementara, Tabung Listrik (Talis) adalah alat penyimpanan layaknya power bank. Talis ini mudah dipakai dan bisa diisi ulang di Stasiun Pengisian Energi Listrik.

Sejauh ini, berdasarkan data Kementerian ESDM, Rasio Elektrifikasi (RE) di provinsi Papua adalah 94,28 persen dan Papua Barat 99,98 persen, sehingga RE di dua provinsi itu adalah 95,75 persen melalui kontribusi PLN dan program Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) oleh Kementerian ESDM setempat.

 

Diikuti 165 Mahasiswa

PLN unit induk distribusi Jawa Timur memiliki beberapa program percepatan, salah satunya listrik desa atau biasa disebut Lissa. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Program ekspedisi Papua diikuti oleh 165 mahasiswa pecinta alam dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Cenderawasih.

TNI AD dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) juga ikut membantu ekspedisi Papua terang itu.

Peewakilan mahasiswa yang ikut peluncuran program ini pun berharap listrik di Papua bisa membantu tim medis, membuka akses internet, meningkatkan edukasi, mengurangi kesenjangan, dan membuka peluang positif bagi warga Papua.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Kaget Dengar Kapolri Nyanyi: Suaranya Mirip Paul Anka

Posted: 18 Oct 2019 01:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui tak terlalu mengenal sosok pribadi menteri Kabinet Kerja yang selama lima tahun ini telah membantunya. Jokowi mengaku baru tahu para menterinya memiliki bakat-bakat khusus jelang masa jabatannya di periode pertama selesai.

Hal ini dikatakan Jokowi saat menyampaikan sambutan di acara silaturahmi dengan Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Kabinet Kerja di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2019).

"Lima tahun sudah kita bekerja kita betul-betul lima tahun hanya sebuah waktu yang sangat cepat sekali, kelihatan sangat pendek sekali sehingga saya banyak belum mengenal bapak ibu menteri," ujar Jokowi.

Pada acara itu, sejumlah menteri tampil memberikan hiburan kepada tamu negara. Salah satunya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Jokowi mengaku kaget saat mendengar Tito bernyanyi. Dia pun membandingkan suara Tito dengan penyanyi internasional, Paul Anka.

"Saya kaget ternyata Pak Tito Karnavian. Suaranya kalau saya disuruh milih Pak Tito atau Paul Anka, tapi saya pilih Paul Anka. Tapi suara Pak Tito hampir mirip-mirip," kata Jokowi.

 

Salah Kira Akan Mengaji

Presiden Jokowi didampingi Mendikbud Muhadjir Effendy menghadiri peresmian gedung fasilitas layanan Perpustakaan Nasional di Jakarta, Kamis (14/9). Gedung dengan 27 lantai ini merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tak hanya itu, Jokowi juga kaget saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy naik ke atas panggung dan bernyanyi. Awalnya, dia mengira akan mengaji, namun ternyata Muhadjir bernyanyi dan sangat menghayati lagunya.

"Saya tadi mikir Prof Muhadjir naik ke pentas mau ngaji, pikiran saya mau tausiyah. Saya baru denger siang hari ini beliau sangat menghayati lagunya, sangat-sangat menghayati sekali," jelasnya.

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR pasa 20 Oktober mendatang. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut acara pelantikan dilakukan pukul 14.30 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS

Posted: 18 Oct 2019 01:45 AM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Tim dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Keperawatan (FKP) Universitas Airlangga (Unair) berhasil meraih medali emas di ajang Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) menyelenggarakan The 2nd World Invention Technology Expo (WINTEX) pada 9-12 Oktober 2019.

Delegasi Universitas Airlangga bersaing dengan inventor-inventor muda dari 15 negara, termasuk Thailand, Filipina, Mesir, India, Polandia, Arab Saudi, Kanada, dan Amerika Serikat.

Tim tersebut beranggotakan Najibullah Ulul Albab (FST 2016), Hendriyani Ogivano (FST 2016), Rizki Jian Utami (FKP 2016), Rohmatul Habibah (FKP 2016), dan Asih Parama Anindhita (FKP 2016).  Para mahasiswa itu mengkompetisikan aplikasi buatan mereka, Med Buddies.

"Kami membuat Med Buddies, aplikasi ini untuk membantu pengobatan paliatif pasien HIV/AIDS," tutur Ketua Tim, Ulul Albab, Jumat (18/10/2019). 

"Seringkali teman-teman penderita HIV/AIDS tidak minum obat secara rutin. Aplikasi ini membantu teman-teman penderita menjadwalkan minum obat teratur," terangnya. 

Selain membantu pasien HIV/AIDS minum obat dengan rutin, Med Buddies juga dapat mendaftarkan caretaker pasien. Umumnya caretaker meliputi keluarga, teman dekat, perawat, atau LSM terkait sehingga fungsi pendampingan pasien dapat dimaksimalkan.

Fungsi pendampingan penting agar pasien memiliki pendamping saat melakukan Patuh Minum Obat ARV (antiretroviral obat infeksi HIV, Red). Selain itu, dengan kehadiran pendamping, pasien tidak kesepian.

Inspirasi Pembuatan Med Buddies

Ulul Albab mengaku, inspirasi pembuatan Med Buddies berangkat dari teman perawat yang menjalankan residensi di RSUD Dr. Soetomo. Perawat residen kesulitan melacak tindakan medis yang telah dilakukan, terlebih pada pasien yang melakukan perawatan di rumah. 

Dari masalah tersebut, tim menggali ide dan membuat abstrak untuk di-submit. Brainstorming dilakukan berulang kali untuk menemukan ide pokok masalah. Kemudian, tim mencarikan solusi teknologi aplikatif untuk membantu pendampingan pasien HIV/AIDS. Oleh karena itu dibuatlah Med Buddies.

Tim berharap, ke depan Med Buddies dapat dikembangkan dengan menyediakan caretaker. Kolaborasi dengan LSM diperlukan untuk mewujudkan hal itu. Selain itu, diharapkan Med Buddies juga dapat digunakan untuk menunjang pendampingan perawatan penyakit paliatif selain HIV/AIDS.

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 komentar:

pokeronline mengatakan...


Agen IDN Poker menyediakan beragam jenis permainan judi kartu online yang terfavorit di kalangan masyrakat tanah air Indonesia. Hanya menggunakan 1 akun id yang anda daftar sudah dapat menikmati semua permainain yang kami miliki. Yang sangat amat lengkap seperti : Poker, Ceme, Domino QQ, BlackJack, Sakong, capsa susun, Bandar ceme kelilinig, Omaha, Super10 dan Superbull. https://www.twitchezocker.de/community/profile/situs988poker/

sonicpoker mengatakan...

Hanya menggunakan 1 akun id yang anda daftar sudah dapat menikmati semua permainain yang kami miliki. Yang sangat amat lengkap seperti : Poker, Ceme, Domino QQ, BlackJack, Sakong, capsa susun, Bandar ceme kelilinig, Omaha, Super10 dan Superbull https://gumroad.com/blankjek/p/beberapa-tips-menang-idn-poker

988pokerjudi22 mengatakan...

Hanya menggunakan 1 akun id yang anda daftar sudah dapat menikmati semua permainain yang kami miliki. Yang sangat amat lengkap seperti : Poker, Ceme, Domino QQ, BlackJack, Sakong, capsa susun, Bandar ceme kelilinig, Omaha, Super10 dan Superbull https://asonite.com/profile.php?id=256936

Kratos mengatakan...

Agen Sbobet Senantiasa yakinkan buat bermain secara online sebab hendak lebih nyaman, gampang serta terjamin. Terlebih lagi bermain lewat android sebab nyatanya dengan android hendak memudahkan Kamu buat mengaksesnya.

stphanie mengatakan...

http://kijangx789.pages10.com/Laman-SITUS-SLOT-ONLINE-37392664
http://curkzxaw909.ampblogs.com/Situs-DAFTAR-SLOT-ONLINE-36988544
http://masduck3378.blogocial.com/Situs-SLOT-ONLINE-34959706
http://reganfa9982.onesmablog.com/Situs-Slot-Online-Agen-Slot-Terpercaya-Link-Alternatif-Judi-39041480
http://charliedjukx9987.blogolize.com/Laman-Bandar-Slot-Online-Terpercaya-Daftar-Slot-Online-Resmi-39822235
http://kristianou8976.shotblogs.com/situs-judi-slot-online-15486927
http://riverplate4747.blogzet.com/situs-slot-online-judi-slot-online-agen-situs-slot-16271007
http://dednsuc6.tribunablog.com/agen-situs-judi-slot-15693568
http://dikskuy778.blogminds.com/laman-slot-online-situs-agen-slot-online-terpercaya-link-alternatif-judi-slot-13589446
https://60da0ab1e9c9a.site123.me/

ninja hatori mengatakan...


terima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila Cari permainan yang seru dan bisa dimainkan ? Permainan yang tidak pernah bisa bosan dan juga bisa menghasilkan uang asli untuk kalian, bandar online togel solusinya situs judi terbaik,terlengkap di indonesia berepa kemenangan anda pasti akan di bayar

ninja hatori mengatakan...



terima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila ada yang ingin bermain game SLOT bisa mengunjungi agen sbobet bola karena berapapun kemenangan anda pasti akan dibayar

pato584 mengatakan...

LINK SLOT ONLINE
adalah link yang
dapat anda temukan secara mudah melalui pelayanan customer service dan livechat.