Sabtu, 26 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Top 3: Life Hack Kocak Warga Indonesia yang Bisa Ditiru Siapapun

Posted: 26 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal menarik yang dibuat berkat kreativitas yang dimiliki setiap individu, salah satunya life hack. Life hack nampaknya tak hanya dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari, tapi juga bisa berhemat.

Kebanyakan dari kamu tidak pernah sadar bahwa barang-barang sederhana di sekitarmu bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. 

Artikel tentang life hack kocak ala warganet menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang kepribadian anak tengah. Sementara artikel ketiga terpopuler tentang kisah kakek yang jualan bakso sambil menggendong istrinya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Life Hack Low Budget Ala Orang Indonesia, Konyol tapi Bisa Ditiru

Life hack low budget

Ternyata banyak orang-orang Indonesia yang memanfaatkan berbagai benda bekas untuk kemudian dialihfungsikan untuk sesuatu yang lebih berguna. Memang terlihat sedikit aneh, namun nyatanya hal tersebut berhasil dilakukan lo.

Meski terlihat konyol dan nyeleneh, namun deretan life hack ini bisa ditiru lo.

Selengkapnya...

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2. Berdasarkan Penelitian, Seperti Ini Kepribadian Anak Kedua

ilustrasi saudara/copyright Shutterstock

Anak sulung tentu akan sangat dominan dibandingkan anak tengah dan anak bungsu. Biasanya anak sulung sangat difavoritkan, sedangkan anak bungsu paling dimanja. Namun ternyata, anak tengah punya kelebihan lain yang tak dimiliki kakak dan adiknya.

Selengkapnya...

3. Viral Kisah Kakek Jualan Bakso Gerobak Sambil Bonceng Istri

Sumber: Instagram @jelajahsolo

Parmin (75) dan istrinya, Painem (64) membuktikan kalau ketulusan dan kesetiaan cinta tetap ada meski usia tidak lagi muda.

Kisah mereka dibagikan sebuah akun Instagram @jelajahsolo. Dalam unggahannya terlihat Parmin dan istrinya berboncengan untuk menjual baso keliling dengan menggunakan gerobak sepeda.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

34 Tahun Bersama, Ini 6 Momen Romantis Roy Marten dan Anna Maria

Posted: 26 Oct 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kiprah Roy Marten di dunia hiburan tak perlu diragukan lagi. Memulai terjun di dunia hiburan sejak tahun 1974, sudah tak terhitung lagi berapa judul film, sinetron yang sudah ia perankan. 

Menjadi selebriti tentu kehidupan pribadi pria asal Salatiga, Jawa Tengah ini tak pernah luput dari sorotan media. Begitu pula dengan rumah tangganya. Setelah bercerai dari Farida Sabtijastuti, Roy Marten menikah dengan wanita Sunda-Melayu, Anna Maria. Keduanya bertemu dari sebuah acara peragaan busana pada tahun 1984. 

Meski Roy berstatus duda dengan 4 orang anak, dan perbedaan usia mereka terpaut 12 tahun, namun tak menghalangi keduanya untuk mengikat janji. Dari pernikahan tersebut, Anna memiliki 2 orang anak, yaitu Merari dan Mahesa Gibran. 

Menikah sejak tahun 1985, terhitung sudah 34 tahun  Roy dan Anna menjalani biduk rumah tangga. Momen suka duka pun sudah dialami oleh dua sejoli ini, baik Anna ataupun Roy Marten memang selalu mendukung satu sama lain. Saat Roy terkena kasus narkoba, Anna pun terlihat setia mendampingi sang suami. 

Meski umur tak lagi muda, namun keharmonisan rumah tangga mereka masih terjaga. Tak ayal, pasangan senior ini dikenal sebagai pasangan yang awet dan romatis hingga saat ini. Dari laman instagram Anna, dua seleb ini juga sering menghabiskan waktu bersama. Penasaran seperti apa potretnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari akun instagram Anna dan Roy, Minggu (27/10/2019) 

 

1. Bertemu pada tahun 1984 dalam acara peragaan busana, keduanya akhirnya mengikat janji sehidup semati pada 1 April 1985

Momen Romantis Roy Marten dan Anna Maria (Sumber: Instagram/annamarten8

2. Meski Roy berstatus duda dengan empat anak, tak menyurutkan hati Anna untuk menerima pinangan Roy.

Momen Romantis Roy Marten dan Anna Maria (Sumber: Instagram/annamarten8

3. Dari pernikahan tersebut, Anna dan Roy dikaruniai 2 orang anak, yaitu Merari dan Mahesa Gibran

Momen Romantis Roy Marten dan Anna Maria (Sumber: Instagram/annamarten8

4. Menikah sejak tahun 1985, terhitung sudah 34 tahun Roy dan Anna menjalani biduk rumah tangga bersama

Momen Romantis Roy Marten dan Anna Maria (Sumber: Instagram/annamarten8

5. Dari laman instagramnya, dua sejoli ini memang selalu menyempatkan waktu quality time dengan cucu dan anaknya

Momen Romantis Roy Marten dan Anna Maria (Sumber: Instagram/annamarten8

6. Kehadiran cucu dari anak-anak tentu menjadi pelengkap kebahagiaan untuk eyang dari Gempita Nora ini

Momen Romantis Roy Marten dan Anna Maria (Sumber: Instagram/annamarten8

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Prancis Terbuka 2019: Praveen / Melati Tak Gentar Hadapi Peringkat Satu Dunia

Posted: 26 Oct 2019 09:35 PM PDT

Prancis - Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, bakal melawan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong pada laga final Prancis Terbuka 2019. Bersua unggulan teratas asal China itu, Praveen/Melati tidak takut.

Menjalani pertandingan semifinal di Stade Pierre de Coubertin, Sabtu (26/10/2019) malam WIB, Praveen/Melati menghadapi Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Praveen/Melati yang menempati unggulan keenam mampu tampil dominan sejak gim pertama. Keduanya menyudahi perlawanan Chris/Gabrielle dengan skor 21-19, 21-12 dalam waktu 35 menit.

Kemenangan ini tak hanya membuat Praveen/Melati lolos ke final Prancis Terbuka 2019, namun juga membuat catatan pertemuan kontra Chris/Gabrielle menjadi sama kuat 3-3.

"Bisa ke final (Prancis Terbuka 2019), perasaan kami tentunya senang. Kami bisa membuktikan setelah kemarin menang di Denmark Terbuka, kami bisa mempertahankan penampilan dan kembali ke final," kata Praveen dalam rilis dari PBSI.

Kembali Bersua Zheng/Huang

Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, berhasil menjadi juara di Denmark Terbuka 2019. (Dok. PBSI)

Pada partai puncak Prancis Terbuka 2019, Minggu (27/10/2019), Praveen/Melati kembali ditantang ganda campuran peringkat satu dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok).

Pekan lalu pada final Denmark Terbuka 2019, Praveen/Melati menang 18-21, 21-16, 22-20 atas Zheng/Huang. Kemenangan tersebut merupakan yang pertama kali diraih Praveen/Melati setelah tujuh kali berhadapan dengan Zheng/Huang.

"Untuk besok peluangnya fifty-fifty. Kemenangan di Denmark kemarin tidak menjamin kami pasti bisa menang lagi lawan mereka. Tetapi, paling tidak itu menambah rasa percaya diri kami besok. Besok harus all out lagi. Jaga kondisi dan jaga fokus," ujar Praveen.

"Persiapannya tentu kami akan ingat-ingat lagi bagaimana pertandingan kami sebelumnya. Dilihat lagi apa kelebihan dan kelemahan lawan. Besok kami ingin melakukan yang terbaik," jelas Melati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Filosofi 4 Monumen Bersejarah di Jakarta yang Jarang Diingat Warga

Posted: 26 Oct 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta kaya dengan cagar budaya. Ada bangunan dari era Belanda hingga keberadaan monumen bersejarah yang tersebar di penjuru kota. 

Meski sering dilalui, tak semua peristiwa di balik pendirian monumen itu diketahui oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di Ibu Kota. Cerita-cerita menarik monumen-monumen itu bisa diketahui bila datang ke Pameran Ssegar Bugar yang berlangsung di Museum Bank Indonesia mulai 24 Oktober 2019 hingga sebulan ke depan.

Sebelum pergi, Anda bisa membaca rangkuman kisah filosofis dari empat monumen paling terkenal di Jakartaberikut ini.

1. Monumen Nasional

Monumen ini lebih dikenal orang dengan singkatannya, Monas. Arsitek dari monumen ini adalah Frederich Silaban dan R M Soedarsono. Tugu ini merupakan tugu peringatan kegigihan rakyat Indonesia melawan penjajahan Pemerintah Hindia Belanda yang berkuasa ratusan tahun.

Pembangunan tugu ini lahir dari pemikiran Presiden Ir Soekarno pada 1949 yang pada saat itu Indonesia sudah menyatakan merdeka, tapi Belanda masih terus bernafsu menguasai kembali Indonesia. Oleh sebab itu, Presiden Ir Soekarno bermaksud menjunjung kebesaran negara dengan simbol yaitu monumen.

Pada 1961, Monumen Nasional mulai didirikan di Gambir, Jakarta Pusat, dan selesai pada 12 Juli 1975. Kini, Monas telah menjadi salah satu ikon Jakarta, dan tempat rekreasi hingga wisata edukasi masyarakat lokal maupun luar daerah.

2. Monumen Selamat Datang

Kondisi jalur hijau setelah pembongkaran instalasi bambu Getah Getih di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Masyarakat kini bisa melihat jelas Monumen Selamat Datang dari halte transjakarta Bundaran HI tanpa terhalang karya seni bernilai Rp550 juta itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Walaupun hanya patung yang tidak terlalu besar, karena tempat berdirinya di Bundaran HI ini membuatnya jadi yang paling terkenal di Jakarta. Monumen ini dibuat atas perintah Presiden Ir Soekarno untuk mempercantik wajah Jakarta dalam rangka persiapan Asian Games ke-4. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah.

Sketsa dasar monumen ini dibuat oleh seniman Henk Ngantung dan dikerjakan oleh pematung Edhi Soenarso. Monumen ini selesai dibangun pada tahun 1962. Bentuk monumennya yaitu terdapat muda mudi yang tengah berdiri melambaikan tangan sambil membawa buket bunga.

Patung ini mencirikan bahwa Indonesia memiliki keramahtamahan dalam menyambut tamu. Kalau dilihat, monumen ini memang sedikit mirip dengan rancangan monumen Vera Mukhina untuk Pavilium Uni Soviet di Expo pada 1937. Tapi

3. Monumen Patung Dirgantara

Sejumlah orang membentangkan spanduk di Patung Dirgantara Pancoran, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Aksi tersebut dilakukan untuk mendapat perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri barunya untuk memukul mundur krisis iklim. (merdeka.com/Imam Buhori)

Karena didirikan di sekitar daerah Pancoran, Jakarta Selatan, orang-orang sering menyebutnya patung Pancoran. Padahal, patung ini dibangun karena ingin memberi penghormatan terhadap Angkatan Udara yang gugur dalam perang Kemerdekaan Indonesia. Itulah sebabnya patung ini memiliki nama asli Patung Dirgantara.

Lagi-lagi, monumen ini adalah karya seniman patung Edhi Soenarso. Patung ini dibuat oleh Edhi dengan bentuk seseorang yang mengacungkan tangannya ke udara. Acungan tangannya itu mengarah ke Bandar Udara Internasional Kemayoran, yang saat itu adalah bandara yang melayani seluruh rute penerbangan.

Saat ini bandara itu sudah pindah menjadi ke Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng. Proses pembuatan patung ini sedikit tersendat karena peristiwa G30SPKI pada tahun 1965. Monumen akhirnya selesai dibangun pada 1966.

4. Monumen Pembebasan Irian Barat

Pemandangan revitalisasi Monumen Pembebasan Irian Barat dari ketinggian di Lapangan Banteng, Jakarta Rabu, (11/4). Revitalisasi ini ditargetkan selesai akhir April 2018. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Patung ini berbentuk seorang laki-laki yang mematahkan rantai dengan kedua tangannya dan kakinya yang menghadap ke arah Barat. Ini menggambarkan alasan dinamakan Monumen Pembebasan Irian Barat yaitu karena Irian Barat telah lepas dari belenggu kekejaman Belanda.

Patung setinggi 9 meter ini lagi-lagi adalah karya dari pematung Edhi Soenarso yang sketsanya dibuat dari seniman Henk Ngantung. Diresmikan pada 1963 oleh Presiden Ir Soekarno, monumen ini juga memiliki filosofi lain yaitu pecahnya demonstrasi massa di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, tempat berdirinya monumen tersebut.

Monumen ini menampilkan orang dengan otot menonjol dimaksudkan pematung sebagai simbol tekad masyarakat Indonesia untuk lepas dari belenggu Belanda. Kala itu, Belanda berkeras tak mau melepaskan Papua dari tanggannya. Hingga kini, monumen ini masih berdiri kokoh di Lapangan Banteng. Lapangan Banteng juga sering dijadikan tempat olahraga santai di pagi maupun sore hari. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 Bali United Vs Barito Putera di Indosiar

Posted: 26 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bali United akan menjamu Barito Putera pada pertandingan pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019. Laga yang rencananya akan disiarkan Indosiar ini, berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/10/2019).

Saat ini, Serdadu Tridatu, julukan lain Bali United, berstatus penguasa klasemen sementara. Mereka sudah menorehkan 51 poin dari 22 pertandingan.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menganggap Barito Putera sebagai lawan yang berbahaya, kendati tim lawan minus dua pemain, Evan Dimas Darmono dan Francisco Torres, yang harus bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 dan akumulasi kartu.

Sementara itu, Barito Putera membawa 20 pemain untuk menghadapi Bali United. Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, tetap menganggap ia bisa memainkan komposisi terbaik skuatnya.

Partai ini sangat prestisius bagi kedua kubu, terutama Serdadu Tridatu. Maklum, Barito Putera yang menghentikan catatan tak terkalahkan dalam enam pertandingan milik Bali United pada putaran pertama. Ketika itu Laskar Antasari menang dengan skor 1-0 (14/7/2019).

Laga Shopee Liga 1 2019 ini bisa disaksikan secara langsung di Indosiar atau live streaming melalui situs Vidio.com. Berikut link live streaming laga Bali United vs Barito Putera.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan pertandingan Bali United vs Barito Putera melalui live streaming, silakan klik di sini....

Prakiraan Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Made Andhika, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Fahmi Al-Ayyubi, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih; Stefano Cugurra Teco

Barito Putera (4-2-3-1): Adhitya Harlan (k); Nazar Nurzaidin, Cassio de Jesus, Donny Monim, Roni Beroperay (b); Kosuke Uchida, Bayu Pradana; Gavin Kwan Adsit, Rizky Pora, Samsul Arif (t); Rafael Silva (d)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Minta PKL Mengganggu di CFD Ditertibkan

Posted: 26 Oct 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang masih bandel menjajakan dagangannya di car free day (CFD) Jakarta. Lokasi berjualan tak hanya di trotoar jalan, namun juga di tengah jalan yang seharusnya digunakan warga berolahraga.

Pantauan di lokasi, dagangan mereka bervariasi mulai dari makanan, minuman, hingga pakaian. Menurut kesaksian salah satu warga, lapak mereka yang berserak di tengah area jalan sangat mengganggu orang-orang yang ingin berjalan santai, lari, atau pun bersepeda.

"Kan sudah ada plang pemberitahuan, jangan berjualan di ruas jalan. Kalau jualan di tengah jalan kan menggangu mas," ujar Anas warga Tebet di CFD, Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (27/10/2019).

Menurut Anas, meski sudah coba diperingati dan ditegur, pedagang-pedagang tersebut tak bergeming. Karenanya, dia berharap ada kebijakan tegas Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta untuk menertibkan mereka.

 

Berharap Tindakan Tegas Satpol PP

Petugas Satpol PP menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (5/5/2019). Kurangnya pengawasan menyebabkan banyak PKL berjualan tidak pada tempat yang telah di sediakan Pemprov DKI sehingga mengganggu aktivitas warga berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Senada Anas, kesaksian Dwiyan warga Cikini yang mengaku sebagai penikmat CFD juga mengeluhkan banyaknya PKL. Dia berharap, Satpol PP bisa melakukan tindakan tegas sesuai SOP.

"Biar nanti dibubarkan Satpol PP sajalah, di trotoar ada pedagang, di tengah jalan ada pedagang. Kadang sudah ditegur sih sama kita-kita (masyarakat), tapi ga kena (ditegur)," dongkolnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet BMX Dunia Serbu Banyuwangi Berburu Poin demi Lolos Olimpiade Tokyo

Posted: 26 Oct 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta International Bicycle Motocross (BMX) Competition yang kembali digelar di Banyuwangi, 26-27 Oktober 2019, semakin memperkuat posisi kabupaten tersebut di mata komunitas penggemar sepeda di Tanah Air. Selain menjadi jujugan para atlet BMX internasional berburu poin untuk mengikuti Olimpiade, para penggemar BMX juga melirik Banyuwangi sebagai tempat menikmati aksi para atlet BMX atau bahkan ikut berlatih di sirkuit internasional yang ada di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Jadi sejak awal memang Banyuwangi fokus pada wisata minat khusus. Salah satunya penggemar sepeda yang sangat besar serta terus tumbuh di Indonesia dan dunia. Maka di Banyuwangi kami menggelar International Tour de Ijen dan khusus BMX ada International BMX Competition," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas seusai membuka ajang tersebut bersama Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari.

Anas mengatakan, ketika persaingan antar daerah di industri pariwisata semakin ketat, dibutuhkan strategi alternatif agar sebuah daerah tetap dilirik sebagai destinasi. Maka, sejak empat tahun lalu, Banyuwangi Festival menghadirkan ajang sport tourism baru, yaitu International BMX Competition yang digelar di Sirkuit Muncar yang telah berstandar Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI). Ajang tersebut juga masuk agenda rutin UCI.

"Kan sekarang marak di mana-mana festival seni-budaya, maka Banyuwangi sudah mengantisipasinya dengan membikin International BMX sejak empat tahun lalu. Terbukti saat ini, event tersebut menjadi jujugan karena atlet dunia berebut poin untuk lolos Olimpiade. Pasar penggemar BMX itu ceruk pasar potensial, kecil tapi solid, niche market. Apalagi ada data sekitar 20 persen penjualan sepeda itu dikontribusi oleh jenis BMX," ujarnya.

Sirkuit BMX di Muncar, Banyuwangi, kini juga mulai menjadi sarana latihan para penggemar dari berbagai daerah di Indonesia.

"Termasuk para peserta lomba yang datang bersama tim, keluarga, semuanya menumbuhkan konsumsi lokal yang ujungnya menggerakkan ekonomi," paparnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wawan Yadmadi menambahkan, tahun ini, kompetisi internasional BMX Banyuwangi diikuti 253 pebalap profesional dari 19 negara. Di antaranya Brazil, Inggris, Denmark, Italia, Ekuador, Selandia Baru, Australia, Tiongkok, Latvia, Jepang, Jerman, Ceko, Hongkong, Kanada, dan Chile. Mereka antusias berkompetisi di Banyuwangi karena telah diakui UCI sebagai sarana mengumpulkan poin menuju Olimpiade 2020 di Jepang.

Ketua PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), Raja Sapta Oktohari, mengapresiasi pilihan Banyuwangi menggarap sport tourism dengan menggelar kompetisi internasional BMX. Diakui Okto, sapaan akrabnya, pasar penggemar BMX di Tanah Air terus bertumbuh. Antusiasme penggemar BMX semakin tinggi karena atlet BMX Indonesia berhasil lolos bertanding di Olimpiade 2016 di Brazil.

"Kebetulan pada Olimpiade 2016 saya Chef de Mission (CdM) Indonesia. Tentu harapannya ada atlet BMX Indonesia yang lolos Olimpiade 2020 Jepang. Dan Banyuwangi ini spesial, event BMX-nya keren dan terbaik, berkualitas dunia. Banyuwangi semakin menjadi referensi bagi penggemar sepeda khususnya BMX di Indonesia dan dunia," ujarnya.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun 5 Destinasi Wisata Super Prioritas, Pemerintah Siapkan Rp 10 T

Posted: 26 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa pembangunan infrastruktur pada 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas bisa selesai 2020. Kelima destinasi tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang.

Adapun Kementerian PUPR mengalokasikan dana untuk membangun lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas tersebut mencapai Rp 7,6 triliun. Sedangkan Kementerian Perhubungan sebesar 2,5 trliun. 

"Kami pastikan 2020 dari Kementerian PUPR anggarkan Rp 7,6 triliun dan dari Kementerian Perhubungan sekitar Rp 2,5 triliun untuk investasi langsung APBN untuk pembangunan infrastruktur KSPN," ungkap Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (27/10/2019).

Agar pembangunan terintergasi, Kementerian PUPR telah mengadakan sharing informasi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengenai program prioritas di bidang pariwisata.

"Harapannya dari sharing ini bisa terjalin sinergi yang baik agar dukungan infrastruktur di lima KSPN yang sudah kami bangun bisa delivered dan langsung dimanfaatkan oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta didukung dengan investasi," ujarnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Inisiatif

© Kementerian Pariwisata.

Senada, Menteri Perhubungan Karya Sumadi mengatakan koordinasi ini diperlukan untuk meningkatkan inisiatif baru terhadap fungsi-fungsi keusahaan seperti investasi di beberapa wilayah KSPN.

"Contohnya sudah ada program bagus di Labuan Bajo, saya usulkan format ini bisa dilakukan di beberapa tempat lain, karena tidak mungkin mengandalkan dana APBN. Jadi kita mendorong investasi di KSPN Super Prioritas," kata Budi.

Dukungan infrastruktur KSPN yang dibangun Kementerian PUPR pada 2020 mencakup konektivitas, sumber daya air, perumahan dan permukiman.

 

Bali Baru

Foto udara pada 23 Februari 2019 menunjukkan proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus, di Mandalika, selatan Lombok. (ARSYAD ALI/AFP)

Lima KSPN ini merupakan bagian dari 10 "Bali Baru" yang dikembangkan Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik.

Adapun sektor pariwisata diharapkan menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri Kesal Juventus Buang Banyak Peluang

Posted: 26 Oct 2019 09:20 PM PDT

Turin - Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, kesal pasukannya tak mampu memanfaatkan peluang dengan baik saat ditahan 1-1 Lecce pada laga pekan kesembilan Serie A, Sabtu (26/10/2019) malam WIB.

Melawat ke markas Lecce di Stadio Comunale Via del Mare, I Bianconeri tampil menekan sejak peluit babak pertama dibunyikan. Mereka mencatatkan 68 persen penguasaan bola, berbanding 32 persen milik Lecce.

Juventus juga melepaskan 16 tembakan dan enam yang mengarah ke gawang. Di sisi lain, I Giallorossi memperoleh lima peluang bagus dari sembilan sepakan.

Meski menguasai jalannya laga, Juve kesulitan menembus rapatnya pertahanan Lecce. La Vecchia Signora baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-50, dan itu berkat eksekusi penalti Paulo Dybala.

Sayangnya, Juventus gagal mempertahankan keunggulan tersebut. Lecce berhasil membuat skor menjadi sama kuat 1-1 pada menit ke-56.

Bola hasil tendangan 12 pas Marco Mancosu tak mampu digagalkan kiper Juve, Wojciech Szczesny. Sampai pertandingan berakhir, Juventus harus puas berbagi angka 1-1 kontra Lecce.

 

Tak Bisa Manfaatkan Peluang

Juventus harus puas bermain 1-1 kontra Lecce pada laga pekan kesembilan Serie A, di Stadio Via del Mare, Sabtu (26/10/2019) malam WIB. (Marco Lezzi/ANSA via AP)

Maurizio Sarri merasa kesal anak asuhnya tak mampu membawa pulang tiga poin dari lawatan ke markas Lecce. Padahal, Juventus memiliki banyak peluang, namun tak dimanfaatkan dengan baik agar berbuah menjadi gol.

"Pada akhirnya, kami terjebak dalam pertempuran yang bukan gaya kami. Kami menciptakan banyak peluang mencetak gol dan tidak memanfaatkannya," ujar Sarri.

"Jadi ada kurangnya tekad dan mempertahankan keunggulan. Kami juga sama sekali tidak mengendalikan keunggulan dengan baik, jadi saya tidak suka itu," papar eks manajer Chelsea tersebut.

Alasan Tepikan Cristiano Ronaldo

(AP/Alessandro Di Marco)

Maurizio Sarri juga mengungkapkan alasan tak mengikutsertakan Cristiano Ronaldo dalam lawatan ke markas Lecce. Sarri menyebut, Ronaldo butuh istirahat karena mengalami kelelahan secara fisik dan mental.

CR7 selalu tampil selama 90 menit dalam 10 laga yang sudah dimainkan pada musim ini. Selain itu, pesepak bola berusia 34 tahun tersebut juga bermain penuh dalam dua pertandingan terakhir bersama Timnas Portugal.

"Cristiano Ronaldo lelah secara fisik dan mental, jadi kondisinya tidak akan membantu melakukan perjalanan ini dan duduk di bangku cadangan."

"Ketika seorang pemain mengekspresikan kelelahannya, itu hanya hak untuk memberinya istirahat," papar Maurizio Sarri.

Meski bermain imbang, Juventus tetap berada di puncak klasemen sementara Serie A dengan nilai 23. Mereka unggul satu angka atas Inter Milan yang ditahan 2-2 Parma, di Giuseppe Meazza.

Sumber: Football Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stand Kapal Pinisi Kemenparekraf Terpilih jadi Stand Dekorasi Terbaik di Anugerah Media Humas 2019

Posted: 26 Oct 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengusung konsep Kapal Pinisi, Stand Biro Komunikasi Publik (Komblik) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terpilih sebagai stand dengan dekorasi terbaik pada Anugerah Media Humas (AMH) 2019 pada Jumat (25/10/2019) di Novotel Bangka Hotel and Convention Centre Provinsi Bangka Belitung.

Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf Guntur Sakti di Bangka, Jumat (25/10/2019) mengatakan konsep Kapal Pinisi dipilih karena merupakan kapal layar tradisional terbesar asal Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Dalam kesempatan ini, Biro Komblik Kemenparekraf menyajikan program kerja, kebijakan serta capaian kinerja. Selain itu, ditampilkan pula berbagai produk inovasi kehumasan mulai dari infografis, videografis, dan peta geospasial yang merupakan gabungan antara peta kebencanaan dengan peta kepariwisataan yang ada di Indonesia. Peta ini terintegrasi dengan data dari BMKG, BNPB, dan PVMBG yang ditampilkan secara real time.

 

(foto: KEMENPAR)

Stand Kemenparekraf juga menampilkan area kuliner yang diisi oleh mahasiswa dari Poltekpar Palembang Jurusan Tata Hidang. Tidak hanya itu, berbagai kegiatan juga ditampilkan untuk menarik minat pengunjung, mulai dari photo booth di area Kapal Pinisi, kuis interaktif, teknologi Virtual Reality yang menampilkan lima video destinasi pariwisata super prioritas dan coaching clinic yang menghadirkan beberapa narasumber dari bidang kehumasan dan industri kreatif.

Acara yang juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019 di Pangkalpinang, Bangka Belitung itu diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan berlangsung pada 23-25 Oktober 2019. Acara ini diikuti sebanyak 32 Kementerian/Lembaga serta 75 peserta dari Diskominfo Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia.

"Biro Komblik selalu berusaha berinovasi untuk memberikan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat. Dengan mengedepankan konsep digital yang menjadi program prioritas Kemenparekaf. Terlebih saat terjadi bencana di destinasi wisata yang terdampak bagi wisatawan. Hal itu harus diinformasikan secara cepat dan menggunakan instrumen digital," ujar Guntur.

Ia menambahkan, transformasi digital sudah dilakukan oleh Kemenparekraf sejak beberapa tahun belakangan sebagai upaya menyajikan informasi yang transparan dan aksesibel bagi publik. Terutama informasi bagi wisatawan yang berencana berkunjung ke Tanah Air.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan apresiasi bagi humas sebagai suatu bidang strategis yang dibutuhkan untuk menjembatani komunikasi antara instansi dan publik.

Tahun lalu, Kemenparekraf meraih penghargaan terbaik satu untuk kategori Siaran Pers/Pemberitaan. Lalu meraih Stand Pameran terfavorit dalam kegiatan Anugerah Media Humas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Australia, Siaran Langsung Siang Ini

Posted: 26 Oct 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang MotoGP Australia telah memasuki sesi balapan. Balapan akan digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia.

Maverick Vinales, pembalap Monster Energy Yamaha akan tampil dengan posisi star paling depan. Itu lantaran dia mampu jadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi pagi tadi.

Sementara itu, di posisi kedua dan ketiga ditempati pembalap Petronas SRT Yamaha, Fabio Quartararo dan Marc Marquez (Repsol Honda). Lalu, diikuti oleh Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) dan Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati).

Musim lalu, Maverick Vinales jadi pemenang MotoGP Australia. Kendati demikian sirkuit ini dikenal juga sebagai favorit bagi Valentino Rossi. Legenda MotoGP tersebut sudah delapan kali menjadi juara di sana.

Berikut jadwal MotoGP  Australia di Sirkuit Philip Island yang akan disiarkan oleh Trans 7.

Jadwal

Logo MotoGP

Minggu, 27 Oktober 2019

11.00 WIB, Balapan MotoGP Australia

Sirkuit Phillip Island

Live: Trans 7

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) - 350 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati Team) - 231 poin

3. Alex Rins (Suzuki Ecstar) - 176 poin

4. Maverick Vinales (Monster Yamaha) - 176 poin

5. Danilo Petrucci (Ducati Team) - 169 poin

6. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) - 163 poin

7. Valentino Rossi (Monster Yamaha) - 145 poin

8. Jack Miller (Pramac Ducati) - 125 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) - 113 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) - 100 poin

11. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) - 85 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) - 74 poin

13. Joan Mir (Suzuki Ecstar) - 66 poin

14. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) - 47 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) - 37 poin

16. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) - 33 poin

17. Andrea Iannone (Factory Aprilia Gresini) - 33 poin

18. Johann Zarco (Red Bull KTM Factory) - 27 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) - 23 poin

20. Tito Rabat (Reale Avintia Ducati) - 18 poin

21. Stefan Bradl (Repsol Honda) - 16 poin

22. Michele Pirro (Ducati Team) - 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki Ecstar) - 7 poin

24. Hafizh Syahrin (Red Bull KTM Tech3) - 7 poin

25. Karel Abraham (Reale Avintia Ducati) - 5 poin

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad Liburan Bersama Istri dan Anak, Ini Tempat Pertama yang Didatangi

Posted: 26 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad, beberapa waktu lalu sempat berpamitan kepada teman-teman seprofesinya. Untuk beberapa waktu, ia berencana istirahat dari dunia hiburan Tanah Air.

Meski mendapat dukungan, tak urung banyak yang menitikan air mata kala Raffi Ahmad mengucap mundur. Dan ia berencana berlibur bersama istri dan anak semata wayangnya.

Tak tanggung-tanggung, Raffi Ahmad akan keliling Eropa selama empat bulan. Namun, sepertinya bapak satu anak ini memulai liburannya bukan di luar negeri.

Melainkan ke sebuah air terjun yang di ada di Sumatera Barat. Itu terlihat dari unggahan Raffi Ahmad, di akun Instagramnya, Sabtu (27/10/2019). 

 

Air Terjun Anai

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Foto: Instagram/@raffinagita1717)

"Air Terjun Lembah Anai ❤️Indahhhhh sekaliiiiiii dengan kebersamaan yang luar biasaaa 😍 Padang Panjang," tulis Raffi Ahmad, sebagai keterangan foto.

 

Bahagia

Sydney Harbour Bridge menjadi saksi harmonisnya keluarga Raffi Ahmad. Rafathar terlihat begitu bahagia menikmati suasana di Sydney, Australia. Dengan berada di pundak Raffi Ahmad, Rafathar bisa menikmati pemandangan Sydney dengan lebih jelas. (Liputan6.com/IG/@raffinagita1717)

Dalam foto tersebut, terlihat Raffi Ahmad, berpose berdua saja dengan sang istri, Nagita Slavina. Wajah keduanya terlihat sangat bahagia.

 

Lelah

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Foto: Instagram/@raffinagita1717)sh

Meski memperlihatkan kebahagiaan, namun Raffi Ahmad, tak bisa menyembunyikan wajah lelahnya. Itu tampak pada unggahan lainnya.

 

Seperti Bidadari

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Foto: Instagram/@raffinagita1717)

Lelah bermain di air terjun, Nagita Slavina, tertidur di dalam mobil. Raffi Ahmad, menjahili istrinya dengan mengunggah fotonya yang tengah terlelap.

Salah satu sahabat, memuji kecantikan Nagita Slavina. "Bidadari Surga," tulis Melly Goeslaw.

"Capek kali kayanya kak @raffinagita1717," timpal Rizki DA 2.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Terawan Nyatakan Tim Kecil Akan Gerak Cepat Mengatasi Defisit BPJS Kesehatan

Posted: 26 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dirinya akan membentuk tim kecil untuk mencari solusi terkait defisit yang dialami BPJS Kesehatan.

Terawan mengatakan bahwa tim tersebut akan segera dibentuk dan bergerak cepat untuk mengatasi masalah defisit BPJS Kesehatan.

"Karena ini sifatnya menyangkut kesejahteraan masyarakat. Karena itu kami tidak main-main untuk melakukan itu," kata Terawan di kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, ditulis Minggu (27/10/2019).

"Tim kecil jelas membahas langkah-langkah strategis yang diperlukan atau yang sangat diperlukan untuk mengatasi defisit ini sehingga bisa mengemukakan secara terbuka apa nantinya langkah-langkah itu yang intinya adalah membantu masyarakat," kata Terawan.

Selebihnya, mantan kepala RSPAD Gatot Subroto ini belum mengemukakan banyak soal pembentukan tim ini, termasuk soal berapa jumlah anggota yang akan termasuk di dalamnya.

"Bisa 10, bisa 50, bisa 100," kata Terawan ketika menjawab soal jumlah anggota tim itu.

 

Dimulai dari BPJS Kesehatan dan Kemenkes

Menkes Terawan Bakal Serahkan Gaji Pertama untuk BPJS Kesehatan (Foto: Humas BPJS Kesehatan)

Usai bertemu dengan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris, Terawan mengatakan tim kecil ini bisa terdiri dari berbagai unsur terkait.

"Pertama dibahas dulu dari Kemkes dan BPJS. Kita mengurai satu per satu masalahnya," kata Terawan menambahkan.

Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan bahwa pihaknya bersama Menkes yang baru dilantik ini beberapa waktu lalu ini telah mendiskusikan banyak hal dalam pertemuan yang diselenggarakan pada Jumat lalu.

"Secara umum tentu kalau dari BPJS Kesehatan ini sesuatu yang berkelanjutan," kata Fachmi.

Ia menambahkan, masalah ini sesungguhnya telah dibahas oleh tiga kementerian yaitu Kementerian Keuangan, Kemenkes, dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Tentu nanti detil teknisnya akan ada tim yang melanjutkan apa yang kami diskusikan," kata Fachmi.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Angin Hentikan Lomba Perahu Naga di Tanjungpinang

Posted: 26 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tanjungpinang - Lomba Perahu Naga yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau terkendala hujan deras yang disertai angin kencang.

Kondisi itu menyebabkan panitia kegiatan menghentikan sementara perlombaan Perahu Naga di Sungai Carang, Sabtu, 26 Oktober 2019, bersamaan hujan deras yang terjadi pukul 10.30-13.30 WIB.

Jalan tanah beserta lahan yang digunakan untuk mendirikan sejumlah tenda, menjadi basah dan berlumpur.

Kepala Dinas Pariwisata Tanjungpinang, Surjadi menganggap hujan deras itu adalah berkah sehingga tidak perlu disesali. Setelah hujan berhenti, pertandingan dilaksanakan kembali.

"Hari ini pembukaan acara, dilanjutkan dengan lomba dari hasil penyisihan semalam. Besok final," katanya, dilansir Antara, Minggu (27/10/2019).

Ia mengatakan lahan yang berada di bibir Sungai Carang, yang digunakan untuk pelaksanaan Lomba Perahu Naga tersebut bukan milik Pemkot Tanjungpinang, melainkan Jordi, salah seorang warga Tanjungpinang. Jordi memberi izin agar lahan tersebut dipergunakan untuk Lomba Perahu Naga, yang sudah ditetapkan sebagai kalender pariwisata tahunan.

Pemkot Tanjungpinang tidak diperbolehkan membangun gedung di atas lahan milik orang lain. "Lahan ini memang mau dijual, tetapi harganya belum didudukkan," tuturnya.

Surjadi mengemukakan anggaran untuk menyelenggarakan Lomba Perahu Naga ini sekitar Rp800 juta. Kegiatan ini untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisatawan nusantara.

Wsman dan wisatawan nusantara yang menyaksikan lomba ini mencapai 8 ribu orang.

Jumlah penonton Lomba Perahu Naga kemarin tidak ramai. Namun, Surjadi menegaskan wisman dan wisatawan nusantara bakal ramai di Sungai Carang melihat final lomba tersebut. "Target kami wisman yang berkunjung ke Tanjungpinang berasal dari China," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Warga Jombang Dulang Rupiah Lewat Kerajinan dari Limbah Kulit Jagung

Posted: 26 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari melihat tumpukan sampah kulit jagung di persawahan yang tidak dimanfaatkan. Sejumlah ibu-ibu di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Memanfaatkan kulit jagung kering, sebagai bahan utama kerajinan tangan berbentuk bunga. Alhasil dari karyanya tersebut, berbuah rejeki karena mempunyai nilai jual tinggi.  Demikian mengutip Liputan6, 25 Oktober 2019.

Beginilah aktivitas ibu-ibu di Desa Sambongdukuh, Kecamatan Jombang. Berawal dari mengisi waktu luang, mereka berhasil menciptakan kerajinan bernilai ekonomis dengan bahan dasar kulit jagung.

Ide pembuatan kerajinan bunga dari kulit jagung ini, berawal dari banyaknya kulit jagung yang terbuang di sawah setelah dipanen. Kemudian oleh beberapa ibu yang tergabung dalam kelompok kerajinan, dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan.

Sebelum diolah, kulit jagung dijemur terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya, kemudian disetrika, dan diwarnai. Kulit jagung yang sudah diberi pewarna, kemudian dibentuk menjadi daun, hingga mahkota bunga.

Kelompok kerajinan ini awalnya hanya dikerjakan oleh 2 orang saja, namun setelah banyak pesanan, mulai dikerjakan bersama ibu-ibu PKK, dari kampung setempat.

Selain dipakai untuk bahan pembuatan bunga, kulit jagung oleh warga sekitar juga dibuat tas. Kerajinan bunga kulit jagung ini dijual dari harga Rp 25 ribu-Rp 50 ribu. Sementara untuk tas, bisa mencapai harga Rp 150 ribu.

Karya ibu-ibu PKK, ini dijual dengan mengikuti pameran maupun ada acara-acara tertentu serta melalui media sosial. Hasilnya mereka mampu meraup keuntungan jutaan rupiah dan bisa menambah pendapatan keluarga. 

 

Berikut kita simak videonya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Google Memata-matai Karyawan Sedot Perhatian

Posted: 26 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google disebut telah mengembangkan sebuah sistem internal untuk memata-matai karyawannya. Berita ini menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (26/10/2019) kemarin.

Berita lain yang tak kalah populer datang dari PUBG Mobile Lite yang baru saja merilis pembaruan bertema Halloween.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Karyawan Tuduh Google Lakukan Aksi Mata-Mata

Sejumlah karyawan Google dilaporkan tengah menggugat perusahaan tempatnya bekerja. Alasannya, Google disebut telah mengembangkan sebuah sistem internal untuk memata-matai karyawannya.

Aksi mata-mata itu, menurut para karyawan, dilakukan untuk memantau tindakan protes yang mungkin dilakukan karyawan. Dikutip dari Bloomberg, Jumat (25/10/2019), aksi pemantauan itu dilakukan dengan memasang piranti khusus di Chrome yang ada di komputer karyawan.

Para karyawan mengungkap aksi tersebut dengan memo yang dikirimkan ke Bloomberg secara anonim. Adapun cara kerja piranti khusus ini adalah memindai event yang dibuat di aplikasi kalender dan memiliki jumlah undangan antara 10 hingga 100 orang.

Baca selengkapnya di sini

2. PUBG Mobile Lite Rilis Pembaruan Bertema Halloween

PUBG Mobile Lite kembali merilis pembaruan, meski gim ini hanya meluncur di negara-negara tertentu, termasuk Indonesia.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (26/10/2019), PUBG Mobile Lite merilis pembaran dengan banyak konten baru. Perubahan paling penting adalah survival mode bertema Halloween bernama Survive Till Dawn. Pemain bersama tim mereka harus bertahan hidup selama tiga hari, dua malam.

Pada siang hari, para pemain mengumpulkan suplai. Kemudian bertarung dengan Pumpkin Zombies pada malam hari.

Baca selengkapnya di sini

3. 5 Cara Mencegah Fraud di Bisnis Online

Ilustrasi cara mencegah fraud. Dok: independent.co.uk

Laporan 'Experian Global Fraud and Identity Report APAC' yang dikeluarkan pada Mei 2019, memaparkan 40 persen bisnis di Indonesia mengalami peningkatan kerugian terkait dengan fraud (kecurangan) secara online selama 12 bulan terakhir.

Mayoritas pelanggan (77 persen) menilai 'keamanan' sebagai unsur yang paling penting dari pengalaman online mereka.

Lewat digitalisasi di Indonesia yang direncanakan akan bergerak sejalan dengan Visi Go Digital 2020, pendekatan yang berimbang antara pengelolaan dan kenyamanan akan menjadi hal penting bagi organisasi-organisasi di Indonesia, saat mereka menjangkau semakin banyak pelanggan secara online.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Din)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia Vs Thailand, Duel di Final AFF Futsal Championship

Posted: 26 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menantang Thailand dalam final AFF Futsal Championship 2019. Laga ini akan digelar sore nanti mulai pukul 17.00 WIB.

Timnas Indonesia melaju ke final usai mengalahkan Myanmar dengan skor 3-2. Ini merupakan final keempat bagi timnas Indonesia di ajang AFF Futsal Championship.

Terakhir kali mereka juara adalah pada tahun 2010. Saat itu timnas Indonesia menaklukkan Malaysia di partai puncak.

Sementara Thailand melaju ke final setelah menaklukkan Vietnam dengan skor 2-0. Jika menang maka Thailand akan mengoleksi gelar ke-15 di AFF Futsal Championship.

Berikut jadwal timnas Indonesia di final AFF Futsal Championship 2019:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jadwal

Minggu, 27 Oktober 2019

17.00 WIB, Timnas Indonesia Vs Thailand (MNC TV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demonstrasi Catalonia, 350.000 Pengunjuk Rasa Memadati Kota Barcelona

Posted: 26 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Sekitar 350.000 pengunjuk rasa memadati Kota Barcelona guna memprotes pemenjaraan para pemimpin separatis Catalonia dari Spanyol --kata kepolisian lokal, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Aksi protes yang bermula damai diselenggarakan untuk mendukung gerakan kemerdekaan Catalonia.

Namun, sejumlah kelompok aksi mengubah situasi demo menjadi sarat kekerasan pada Sabtu 26 Oktober malam waktu lokal ketika pengunjuk rasa menargetkan markas polisi.

Serikat buruh Spanyol berencana mengadakan rapat umum massal di kota itu pada Minggu.

Demo dipicu oleh pemenjaraan sembilan pemimpin separatis pada 14 Oktober oleh Mahkamah Agung Spanyol. Mereka divonis penjara antara sembilan dan 13 tahun atas dakwaan melakukan penghasutan, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (27/10/2019).

Kelompok-kelompok kemerdekaan akar rumput telah mendesak para pendukung kemerdekaan untuk mengisi jalan-jalan tetapi mengatakan mereka berkomitmen untuk protes damai, lapor kantor berita Reuters.

Lautan pengunjuk rasa membentang dari pantai kota ke gereja Sagrada Familia yang terkenal.

"Saya pikir sudah waktunya bagi negara untuk menemukan solusi karena tampaknya ini tidak ada habisnya dan kami selalu pada titik yang sama. Kami datang ke sini karena kami muak dengan begitu banyak penindasan yang telah kami derita dari negara," seru seorang pengunjuk rasa.

Juga pada Sabtu, walikota dari seluruh wilayah Catalonia mengadakan pertemuan untuk mendukung kampanye penentuan nasib sendiri.

Total 814 walikota dari 947 pemerintah daerah di daerah itu berkumpul di markas pemerintah daerah untuk bertemu Presiden Catalan Quim Torra.

Ketika walikota meneriakkan "kemerdekaan", Torra mengatakan bahwa Catalan harus bersatu untuk menentang "penindasan" dan "memaksa negara Spanyol untuk berbicara."

Aksi Damai Diwarnai Bentrokan Oknum dengan Aparat

Sebuah karakter yang mewakili mantan presiden Catalan, Carles Puigdemont sedang memegang bendera Catalonia dibakar saat festival tradisional Fallas di Valencia, Spanyol (19/3). (AP/Alberto Saiz)

Masih pada Sabtu, sebuah kelompok pro-kemerdekaan yang mendukung aksi langsung mengorganisir protes di luar markas polisi di kota. Demonstran melemparkan bola, botol, dan batu ke polisi anti huru hara.

Polisi anti huru hara kemudian bergerak untuk membubarkan kerumunan, dipersenjatai dengan perisai dan pentungan dan didukung oleh mobil anti huru hara.

Proyektil karet ditembakkan selama bentrokan dan setidaknya enam orang dirawat di rumah sakit karena cedera, menurut kantor berita Reuters.

Pada hari Minggu, politisi dari dua partai kanan-tengah utama Spanyol, Partai Populer dan Ciudadanos, diperkirakan akan menghadiri rapat umum serikat pekerja, yang berlangsung dua minggu sebelum pemilihan umum Spanyol.

Sementara itu, para pendukung partai sayap kanan Vox berunjuk rasa di ibukota Spanyol Madrid pada hari Sabtu untuk mendengar seruan untuk garis keras pada separatis.

Pemimpin partai Santiago Abascal menyerang partai-partai arus utama Spanyol, termasuk kaum Sosialis yang berkuasa, mengatakan kepada orang banyak: "Dihadapkan dengan separatisme kriminal, hanya ada Vox!"

Sekilas Demontsrasi Catalonia

Demonstran pro kemerdekaan Catalonia merusak tempat sampah dan besi pembatas di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/3). Demonstran memprotes penangkapan mantan pemimpin ekstrem Catalonia, Carles Puigdemont. (Foto AP/Emilio Morenatti)

Pemerintah Spanyol berturut-turut telah menolak untuk memberikan referendum kemerdekaan pada separatis di Catalonia, yang menjadi masalah langsung lagi setelah krisis keuangan global 2008.

Didorong oleh hasil dari plebisit yang tidak diakui pada November 2014, separatis mengadakan referendum ilegal pada Oktober 2017, yang Spanyol coba cegah secara paksa, dengan akhirnya memenjarakan para pemimpin separatis.

Sementara separatis secara teratur menarik perhatian besar-besaran dari dukungan publik, mereka hanya memiliki dukungan tipis di parlemen regional dan survei baru-baru ini menunjukkan bahwa penduduk Catalonia menentang kemerdekaan sekitar 48% hingga 44%.

Catalonia memiliki bahasa dan tradisi tersendiri, dan populasi hampir sebesar Swiss (7,5 juta). Ini adalah salah satu daerah terkaya Spanyol, yang merupakan 16% dari populasi nasional dan menyumbang hampir 19% dari PDB Spanyol.

Uni Eropa telah memperlakukan krisis sebagai masalah internal Spanyol, mengabaikan permintaan separatis yang meminta dukungan. Tetapi, ada peringatan bahwa masalah ini merusak kepercayaan demokratis Spanyol.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompleks DPR/MPR Akan Dilengkapi Alun-Alun Demokrasi

Posted: 26 Oct 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kompleks parlemen DPR/MPR di Senayan akan dilengkapi alun-alun demokrasi. Alun-alun ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat para mahasiswa ataupun warga menyuarakan aspirasinya atau unjuk rasa. Pembangunan alun-alun ini rencananya akan dimulai tahun depan.

"Insyaallah sudah ada arena atau alun-alun demokrasi yang memang sudah lama kita rencanakan. Tapi mungkin anggaran tahun depan baru bisa dibangun di arena DPR untuk menampung seluruh pengunjuk rasa yang menyampaikan aspirasinya," jelas Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (27/10/2019).

Politikus Golkar ini mengatakan, hukum demonstrasi itu tidak haram dan para pemuda serta mahasiswa tidak dilarang berunjuk rasa. Unjuk rasa juga telah dijamin UU.

"Hanya penyampaian aspirasi berunjuk rasa itu harus juga memiliki tata krama keindonesiaan dan patuh UU tanpa anarkis," ujarnya.

Alun-alun dibuat khusus bertujuan agar saat demonstrasi tidak mengganggu masyarakat, tidak mengganggu arus lalu lintas, tak perlu ada penutupan jalan tol dan lainnya. Para pengunjuk rasa bisa menyampaikan aspirasinya langsung di dalam kompleks parlemen. Mereka juga bisa bertemu langsung pimpinan DPR dan akan difasilitasi untuk bertemu pejabat yang menjadi sasaran unjuk rasa.

"Kalau masalah di Kemendagri maka menterinya kita hadirkan dalam kegiatan unjuk rasa itu. Jadi langsung berjalan dan langsung diputuskan, diselesaikan pada saat itu," jelas mantan Ketua DPR ini.

 

Reporter: Hari Ariyanti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Bantai Aston Villa, Guardiola Kurang Puas

Posted: 26 Oct 2019 08:55 PM PDT

Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, kurang pas dengan kemenangan timnya atas Aston Villa. Sang manajer kesal dengan penampilan City, terutama pada babak pertama.

Menjalani pertandingan pekan ke-10 Premier League di Stadion Etihad, Sabtu (26/10/2019) malam WIB, Manchester City tampil percaya diri. The Citizens mencatatkan 63,1 persen penguasaan bola, berbanding 36,9 persen milik Aston Villa.

Meski tampil dominan, Manchester City kerepotan membobol gawang The Villa pada babak pertama. Alhasil, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk paruh kedua, City langsung tancap gas. Raheem Sterling berhasil memecah kebuntuan Man City pada menit ke-46. Bola hasil tendangan kaki kiri Sterling dari dalam kotak penalti tak mampu dihalau kiper.

Pada menit ke-65, giliran David Silva yang mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus menggandakan keunggulan The Citizens. Umpan Kevin De Bruyne mampu dikonversikan Silva menjadi gol dengan tendangan kaki kanan.

Lima menit berselang, Ilkay Gundogan memperbesar keunggulan Manchester City menjadi 3-0. Bola hasil tembakan kaki kanan Gundogan melesat mulus masuk ke gawang Aston Villa.

Saat waktu normal menyisakan tiga menit lagi, City harus bermain dengan 10 orang akibat kartu kuning kedua yang diterima Fernandinho. Meski kehilangan Fernandinho, Manchester City, berhasil mengunci kemenangan dengan skor 3-0.

 

Bisa Terdegradasi

Striker Manchester City Gabriel Jesus meminta penalti pada laga Liga Inggris  di Etihad Stadium, Sabtu (26/10/2019). (AP Photo/Rui Vieira)

Pep Guardiola tak sepenuhnya puas dengan performa anak asuhnya dalam laga kontra Aston Villa, terutama pada babak pertama. Jika terus tampil seperti paruh pertama, Guardiola menyebut The Citizens bisa saja terdegradasi ke Divisi Championship.

"Jika kami bermain seperti yang kami lakukan pada babak kedua, kami akan berada di puncak klasemen pada akhir musim, saya yakin akan hal itu," kata Guardiola.

"Jika kami tampil seperti yang kami lakukan pada babak pertama, kami akan terdegradasi di posisi degradasi yang jauh dari puncak klasemen. Kami harus bermain selama 90 menit. Kami ternyata bermain hanya untuk 45 menit," papar manajer asal Spanyol tersebut.

Kemenangan ini membuat Manchester City menempel ketat Liverpool di klasemen sementara Premier League. City berada di peringkat kedua dengan nilai 22, tertinggal tiga poin dari The Reds yang menghuni posisi teratas.

Akan tetapi, Liverpool akan kembali menjauh dari kejaran The Citizens jika mampu meraih kemenangan atas Tottenham Hotspur, di Stadion Anfield, Minggu (27/10/2019). Di sisi lain, Aston Villa di urutan ke-14 dengan 11 poin.

Sumber: Sky Sports

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sistem Kanalisasi 2-1 Jalur Puncak Bogor Mulai Diuji Coba

Posted: 26 Oct 2019 08:45 PM PDT

Kondisi lalu lintas saat saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). Pemberlakuan sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini.(merdeka.com/Arie Basuki)

Kondisi lalu lintas saat saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). Pemberlakuan sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini.(merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berdiri sambil membawa papan imbauan saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berdiri sambil membawa papan imbauan saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan melintas saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019).Pemberlakuan sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan melintas saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019).Pemberlakuan sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berdiri sambil membawa papan imbauan saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berdiri sambil membawa papan imbauan saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas pramuka membawa papan imbauan saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). Pemberlakuan sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas pramuka membawa papan imbauan saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). Pemberlakuan sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kondisi lalu lintas saat saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). BPTJ bersama Pemkab dan Polres Bogor melakukan uji coba kanalisasi 2-1 Jalur Puncak pada 27 Oktober dan 3 November 2019. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kondisi lalu lintas saat saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). BPTJ bersama Pemkab dan Polres Bogor melakukan uji coba kanalisasi 2-1 Jalur Puncak pada 27 Oktober dan 3 November 2019. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kondisi lalu lintas saat saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). Pemberlakuan sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kondisi lalu lintas saat saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). Pemberlakuan sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pelesetan Receh Nama Tokoh Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 26 Oct 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain dikenal dengan penduduk negara yang paling santai, nampaknya warganet Indonesia juga punya tingkat kreativitas yang tinggi. Pasalnya setiap harinya warganet Indonesia selalu punya hal-hal lucu di media sosial, mulai dari meme hingga permainan pelesetan kata.  

Entah memang dasarnya masyarakat Indonesia itu terlalu kreatif atau memang enggak ada kerjaan, tapi pelesetan nama tokoh ini sukses bikin perut tergelitik. 

Pelesetan nama tokoh ini dimulai dari cuitan @sangjuwita saat Nadiem resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi topik hangat yang diperbincangkan. Tak hanya nama Nadiem saja yang menjadi pelesetan warganet, sejumlah tokoh dan selebriti pun tak luput dari kreativitas warganet. 

Penasaran seperti apa hasil kreasi warganet dalam membuat pelesetan nama tokoh? berikut liputan6.com telah rangkum 6 plesetan nama tokoh netizen yang lucu dan bikin ngakak, Minggu  (27/10/2019).

 

 

1. Bedanya gini ya kalau Bapak Menteri sedang diam dan sedang berbicara.

Pelesetan Receh Nama Tokoh (Sumber: Twitter/ikramarki

2. Kalau Indro lagi di luar ruangan, namanya berubah jadi Outdro nih!

Pelesetan Receh Nama Tokoh (Sumber: Twitter/adendy

3. Kamu lebih suka Kaesang Pangarep atau Kaesang Pamburi nih?

Pelesetan Receh Nama Tokoh (Sumber: Twitter/terperangkap_

4. Nah gini dong, jangan marah-marah lagi ya kak Anjasmara.

Pelesetan Receh Nama Tokoh (Sumber: Twitter/nathhfrancc

5. Kalau Ahok, selalu ok dong!

Pelesetan Receh Nama Tokoh (Sumber: Twitter/squirrelgvrl/s

6. Kalau lagi berdiri namanya jadi Ananda Badiri ya?

Pelesetan Receh Nama Tokoh (Sumber: Twitter/jujursenja

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal AS Roma vs AC Milan di Liga Italia, Siaran Langsung Televisi

Posted: 26 Oct 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AC Milan akan menjadi tamu bagi AS Roma di lanjutan kompetisi Serie A Liga Italia. Pertandingan ini akan digelar di markas AS Roma, di Stadion Olimpico.

Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim, untuk memperbaiki posisi masing-masing di klasemen sementara. Roma saat ini menempati posisi keenam dengan 13 poin. Sementara, AC Milan masih terpuruk di urutan ke-12 dengan 10 angka.

Namun, seperti dilansir Tuttosport, AC Milan menghadapi masalah jelang pertandingan. Pelatih anyar Stefano Pioli tampaknya masih memiliki keraguan mengenai formasi.

Ia juga masih bingung memilih siapa yang akan bermain di tengah trisula Rossoneri: Rafael Leao atau peluang baru dari menit pertama untuk Krzysztof Piatek? Tapi, kabar yang datang dari Milanello, pemain asal Polandia tampaknya lebih unggul Leao.

Sejauh ini belum ada keputusan dari Pioli. Namun, dari sesi latihan kemarin di Milanello mungkin ada indikasi yang lebih tepat. Setelah tampil melawan Lecce, Piatek siap untukmengambil kembali jersey awal AC Milan melawan Roma.

Berikut jadwal AS Roma vs AC Milan di lanjutan kompetisi Serie A Liga Italia 2019/20.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jawal Roma vs AC Milan

Senin, 28 Oktober

00.00 WIB, AS Roma vs AC Milan

Stadion Olimpcio

Live Be In Sports 2

Serie A - AS Roma Vs AC Milan (Bola.com/Adreanus Titus)

Prediksi Susunan Pemain

Roma (4-2-3-1): Lopez; Kolarov, Smalling, Mancini, Spinazzola; Veretout, Pastore; Perotti, Zaniolo, Florenzi; Dzeko

Pelatih: Paulo Fonseca

AC Milan (4-3-3): G Donnarumma; Hernandez, Romagnoli, Musacchio, Calabria; Paqueta, Biglia, Kessie; Calhanoglu, Piatek, Suso

Pelatih: Stefano Pioli

Hasil Pertandingan

Sabtu (26/10/2019)

Verona 0-1 Sassuolo

Gol: Djuricic 50'

Lecce 1-1 Juventus

Gol: Dybala 50'; Mancosu 56'

Inter 2-2 Parma

Gol: Candreva 23', Lukaku 51'; Karamoh 26', Gervinho 30'

Minggu (27/10/2019)

Genoa 3-1 Brescia

Gol: Agudelo 66', Kouame 75', Pandev 79'; Tonali 34'

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Punya Latar Belakang Ekonomi, Terobosan Teten Masduki Ditunggu Pelaku UMKM

Posted: 26 Oct 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun menunggu terobosan Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UMKM baru periode 2019-2024.

Seperti diketahui, Teten Masduki adalah aktivis atau penggiat anti korupsi dimana dirinya pernah menjabat Ketua Indonesia Corruption Watch (ICW) pada tahun 1998-2008.

Selain itu, dia juga pernah menduduki posisi sebagai Kepala Staf Kepresiden Indonesia ke-2 usai Luhut Binsar Pandjaitan pada tahun 2015-2018.

"Pertama kita cukup terkejut dan tidak menduga seorang background penggiat ICW bisa masuk di UMKM. Tetapi sekali lagi karena itu merupakan hak prerogatif Presiden, maka sikap kita jelas, yakni memberikan kesempatan Teten Masduki untuk bekerja menyelesaikan PR-PR di sektor ini," ungkap Ikhsan kepada Liputan6.com, Minggu (27/10/2019).

Dia bilang, salah satu tantangan lain yang harus dihadapi Teten Masduki ialah pemberdayaan UMKM tak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

Sebab, ada undang-undang (UU) otonomi daerah yang membatasi sehingga harus dilaksanakan oleh pemerintah setempat atau pemerintah provinsi.

"Jadi apa terobosanya? Apakah itu dengan membuat undang-undang dengan otonomi daerah atau seperti apa?" kata Ikhsan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Teten Masduki, Tukang Kritik di Kampus yang Kini Jadi Menteri Koperasi

Mantan Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Kedatangan Teten ini menyusul sejumlah tokoh sebelumnya yang berdatangan ke Istana sejak Senin kemarin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lama berkarir sebagai pegiat antikorupsi kelas wahid Tanah Air, Teten Masduki (57), asal Garut, Jawa Barat, akhirnya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) bergabung dalam kabinet Jokowi Jilid 2 'Indonesia Maju' sebagai Menteri Koperasi dan UKM.

Sejak Jokowi berkuasa, kalangan istana bak berjodoh dengan mantan pentolan lembaga antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) itu. Setelah berhenti sebagai Kepala Kepala Staf Presiden (KSP) jilid 1, Teten tidak langsung tergusur dalam lingkaran Jokowi.

Ia bahkan menjadi Koordinator Staf Khusus Kepresidenan, penyambung utama informasi ke Presiden. Hal ini menunjukkan lengketnya hubungan Jokowi dengan lelaki asal kota dodol Garut tersebut.

"Sebenarnya panggilan buat Teten bukan hal baru, lagian kan Teten sejak awal Pak Jokowi menjadi Presiden, sudah di lingkungan istana sebagai Kepala KSP," ujar Apit Masduki, kakak kandung Teten, mengomentari jabatan baru adiknya di kabinet Jokowi jilid 2.

Menurut Apit, panggilan Jokowi terhadap Teten memang bukan perkara baru, jabatan sebelumnya sebagai Koordinator Staf Khusus Kepresidenan, mengharuskan suami dari Suzana Ramadhani, ini selalu berada dekat Jokowi. 

"Jadi bagi calon menteri lain mungkin surprise, bagi Teten biasa saja, namun memang diakui untuk panggilan terakhir agak berbeda, bangga (jadi menteri) juga," ujar dia sambil tersenyum ramah.

Mengawali karir sebagai tukang otokritik Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), kebiasaan Teten mengungkap penyelewengan yang terjadi. Ini membuatnya disegani di kalangan mahasiswa.

"Teten itu meskipun kritis, tapi memang pintar, dia termasuk 10 lulusan terbaik di seluruh jurusan angkatannya," kata dia.

Hal itu pula yang membuat ayah dari Nisrina Noor Rabiah (16) dan Alliya Nurani Sartika (14), membuka ICW yang pamornya sebagai lembaga anti rasuah Tanah Air, semakin diakui.

"Sebenarnya jabatan menteri itu riskan (korupsi), apalagi latar belakangnya sebagai pegiat antikorupsi," kata dia.

Ia berharap dengan segudang pengalaman sebagai pegiat antikorupsi, kehadiran Teten sebagai Menteri Koperasi dan UKM, mampu memberikan dampak positif dalam pengelolaan keuangan sebuah lembaga negara.

"Makanya kita minta agar Teten tetap menjaga marwahnya sebagai pegiat anti korupsi, dan bisa memberikan contoh bagi yang lainnya," pinta dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Arsenal vs Crystal Palace: Misi Amankan 5 Besar

Posted: 26 Oct 2019 08:35 PM PDT

London - Duel Arsenal vs Crystal Palace dalam lanjutan Premier League pekan ke-10, Minggu (27/10/2019), diprediksi berlangsung sengit. Kedua tim bakal habis-habisan demi mengamankan lima besar klasemen.

Meski kalah pamor, Palace bukanlah tim yang mudah dikalahkan. Pada pertemuan terakhir kedua klub musim lalu, Arsenal bahkan harus menelan kekalahan 2-3.

Secara head-to-head, Palace sanggup mengimbangi The Gunners. Tim yang bermarkas di Selhurst Park itu meraih dua kemenangan, dua kekalahan, dan sekali imbang dari lima pertemuan terakhir.

Di sisi lain, Arsenal juga tengah dalam kondisi angin-anginan. Inkonsistensi masih melanda klub berjuluk Meriam London itu setelah pekan lalu dibungkam tim promosi Sheffield United dengan skor 0-1.

Beruntung, anak asuh Unai Emery itu bisa meraih kemenangan di ajang Europa League atas Vitoria. Hanya saja, tiga poin tersebut didapat dengan susah payah karena mereka hanya menang 3-2 saja.

Arsenal bakal kembali mengandalkan ketajaman Pierre-Emerick Aubameyang di lini depan. Sementara tim tamu Palace bisa menaruh kepercayaan kepada Jordan Ayew sebagai striker tunggal, ditopang kreativitas Wilfried Zaha.

Data dan Fakta

Perkiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Leno; Tierney, Luiz, Sokratis, Chambers; Xhaka, Guendouzi; Saka, Ceballos, Pepe; Aubameyang

Manajer: Unai Emery

Palace (4-5-1): Hennessey; van Aanholt, Cahill, Tomkins, Ward; Schlupp, McArthur, Milivojevic, Kouyate, Zaha; Ayew

Manajer: Roy Hodgson

5 Pertemuan Terakhir

  • 21-04-2019 Arsenal 2-3 Palace (EPL)
  • 28-10-2018 Palace 2-2 Arsenal (EPL)
  • 20-01-2018 Arsenal 4-1 Palace (EPL)
  • 29-12-2017 Palace 2-3 Arsenal (EPL)
  • 11-04-2017 Palace 3-0 Arsenal (EPL)

5 Pertandingan Terakhir Arsenal

  • 01-10-2019 MU 1-1 Arsenal (EPL)
  • 04-10-2019 Arsenal 4-0 Standard Liege (UEL)
  • 06-10-2019 Arsenal 1-0 Bournemouth (EPL)
  • 22-10-2019 Sheffield 1-0 Arsenal (EPL)
  • 25-10-2019 Arsenal 3-2 Vitoria (UEL)

5 Pertandingan Terakhir Palace

  • 14-09-2019 Tottenham 4-0 Palace (EPL)
  • 22-09-2019 Palace 1-1 Wolverhampton (EPL)
  • 28-09-2019 Palace 2-0 Norwich (EPL)
  • 05-10-2019 West Ham 1-2 Palace (EPL)
  • 19-10-2019 Palace 0-2 Man City (EPL)

Prediksi Bola.com

Arsenal 55-45 Crystal Palace

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Mahasiswi Tabrak Apotek di Jalan Senopati Kebayoran, Satu Tewas   

Posted: 26 Oct 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah mobil yang dikendarai seorang mahasiswi berisial PKH (21) menabrak bangunan apotek di Jalan Senopati Raya, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Minggu (30/10/2019). Akibatnya satpam apotik bernama Asep Kamil (50) meninggal.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 03.30 WIB. Saat itu, mobil yang dikendarai oleh sang mahasiswi kehilangan kendali.

"Pelaku melaju dari arah selatan ke utara sesampainya di pertigaan depan Apotik Senopati tidak bisa mengendalikan kendaraannya menabrak trotoar selanjutnya kendaraan tetap melaju kedepan menabrak Apotik Senopati," kata Fahri dalam keterangan, Minggu (27/10/2019).

"Jenazah saat ini dibawa Ke Rumah Sakit Fatmawati," ucap dia.

Polisi masih memeriksa pengemudi yang menabrak.

"Masih dalam pemeriksaan termasuk dua orang saksi yaitu dua temannya yang ikut menumpang," kata Fahri.

Fahri menjelaskan, salah seorang teman korban yang ikut menumpang mengakui baru pulang dari sebuah bar yang ada di Jakartan Selatan. Namun, Fahri belum bisa memastikan apakah pengemudi berkendara dalam keadaan mabuk atau tidak.

"Berdasarkan keterangan saksi temannya tersebut, memang baru pulang dari salah satu bar yang ada di Gunawarman. Tapi penyidik masih mendalami keterangan saksi tersebut dan alat bukti yang lain," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar: Kalteng Putra Vs Persela di Shopee Liga 1 2019

Posted: 26 Oct 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 telah memasuki pekan ke-25. Kalteng Putra akan menantang Persela di Stadion Tuah Pahoe.

Saat ini Kalteng Putra berada di posisi juru kunci Shopee Liga 1 2019. Mereka mengoleksi 20 poin dari 23 laga.

Sementara Persela berada di posisi ke-15 klasemen dengan 23 poin dari 23 laga. Kemenangan sangat penting bagi keduanya untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Kalteng Putra vs Persela dimulai pukul 15.30 WIB di Indosiar.

Dapatkan link live streaming Shopee Liga 1 2019 Kalteng Putra vs Persela di halaman berikutnya..

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Link Live Streaming

Kalteng Putra di Liga 1 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

Untuk link live streaming Kalteng Putra vs Persela, silakan klik di sini...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris di TVRI, Siaran Langsung Malam Ini

Posted: 26 Oct 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris matchday ke-10 kembali digelar malam ini. Beberapa laga seru pun dipastikan bakal terhampar.

Salah satunya adalah big match antara Liverpool lawanTottenham Hotspur. Liverpool masih menduduki posisi pemuncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 25 poin dari sembilan laga.

Sementara Tottenham berada di posisi ke-10 klasemen dengan koleksi 12 poin. Kemenangan sangat penting bagi Liverpool untuk menjauhi diri dari pesaing, sementara Spurs ingin naik ke puncak klasemen.

Laga lain mempertemukan Arsenal kontra Crystal Palace. Tiga angka dibutuhkan The Gunners untuk mendekat ke posisi empat besar.

Berikut jadwal Liga Inggris, yang salah satunya akan disiarkan di TVRI.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jadwal Liga Inggris

Premier League - Arsenal Vs Crystal Palace (Bola.com/Adreanus Titus)

Minggu, 27 Oktober 2019

21.00 WIB, Newcastle Vs Wolverhampton

23.30 WIB, Arsenal Vs Crystal Palace (TVRI)

23.30 WIB, Liverpool Vs Tottenham

23.30 WIB, Norwich Vs MU

Hasil Pertandingan

Berikut hasil Liga Inggris selengkapnya:

Southampton 0-9 Leicester

Manchester City 3-0 Aston Villa

Brighton&Hove Albion 3-2 Everton

Watford 0-0 Bournemouth

West Ham 1-1 Sheffield

Burnley 2-4 Chelsea

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Foto Ini Tunjukkan Dilema Orang Bertubuh Pendek

Posted: 26 Oct 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tinggi badan setiap orang berbeda. Dan memiliki tubuh pendek, tentu ada suka dan dukanya. Demikian pula jika punya tubuh tinggi. Ada momen-momen tetentu yang akan menyusahkan orang bertubuh pendek, ataupun bertubuh tinggi. 

Salah satu masalah yang sering dialami orang bertubuh pendek ialah tidak dapat meraih benda di tempat yang tinggi. Terkadang harus menggunakan pijakan kursi atau menaikan tumitnya.

Namun bukan hanya tubuh pendek saja yang memiliki masalah tinggi badan. Kalaupun memiliki tubuh yang tinggi, orang pun akan memiliki masalah tersendiri. Seperti harus menunduk ketika memasuki tempat rendah. Tak hanya itu saja, saat berfoto pun orang yang bertubuh tinggi harus berada di belakang. Karena kalau di depan akan menutupi yang lainnya.

Nah, berikut ini 7 foto yang menunjukkan susahnya orang bertubuh pendek yang Liputan6.com kutip dari brightside, Minggu (27/10/2019)

1. Ambil uang di ATM saja harus memanjat agar sampai

Dilema tubuh pendek (Sumber: brightside)

2. Begini caranya ambil barang di tempat yang tinggi

Dilema tubuh pendek (Sumber: brightside)

3. Orang bertubuh pendek mungkin tidak akan memilih kendaraan besar dan tinggi

Dilema tubuh pendek (Sumber: brightside)

4. Begini susahnya saat menonton di bagian paling belakang bagi orang betubuh pendek

Dilema tubuh pendek (Sumber: brightside)

5. Ternyata di balik kamera ia menggunakan ember sebagai pijakan

Dilema tubuh pendek (Sumber: brightside)

6. Ciuman di hari pernikahan yang dibantu tangga

Dilema tubuh pendek (Sumber: brightside)

7. Saat mendesain perabotan harusnya disesuaikan dengan postur tubuh

Dilema tubuh pendek (Sumber: brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didampingi Mendagri Tito, Jokowi Kunjungi Pegunungan Arfak Papua

Posted: 26 Oct 2019 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Papua Barat - Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana mengunjungi Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat, Minggu (27/10/2019). Ini merupakan kunjungan kerja pertama Jokowi setelah dilantik sebagai Presiden periode 2019-2024.

Berdasarkan pantauan, Presiden Jokowi bersama Iriana serta rombongan tiba di Bandar Udara Irai, Pegunungan Arafak pukul 09.37 waktu setempat dengan menggunakan Helikopter Kepresidenan Super Puma.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu disambut tarian Tumbu Tanah yang merupakan tarian khas daerah setempat. 

Menurut kesaksian warga setempat, ini pertama kalinya Presiden Jokowi mengunjungi Kabupaten Pegunungan Arfak. Bahkan, mantan walikota Solo itu merupakan presiden pertama yang menginjakkan kakinya ke Kabupaten Pegunungan Arfak.

 "Sebelumnya belum pernah Pak Presiden Jokowi ke Pegunungan Arfak. Presiden Jokowi juga Presiden pertama yang kesini, belum ada (Presiden) sebelumnya," kata salah satu warga Pegunungan Arfak kepada awak media.

Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

 

 

Warga Gembira Menyambut Kedatangan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi foto bersama perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua tersebut akan diajak jalan-jalan keliling Jakarta didampingi oleh staf Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga mengaku gembira dan antusias untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Mereka bahkan rela datang sepagi mungkin dan berkumpul di Bandar Udara Irai demi bertemu serta melihat sosok sang kepala negara secara langsung.

Sebagai informasi, Pegunungan Arfak bukan satu- satunya daerah di Papua yang akan dikunjungi presiden. Usai meninjau Kabupaten Pegunungan Arfak, presiden dan rombongan akan melanjutkan rangakain kunjungan kerja ke bagian Bumi Cenderawasih lainnya seperti, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Wamena, dan Kabupaten Jayapura.

Kunjungan kerja di Jayapura, Jokowi juga akan meresmikan Jembatan Holtekamp. Hal ini sesuai janji Jokowi yang akan mengunjungi sejumlah wilayah di Papua. x

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petugas Bagikan Bunga di  Uji Coba Kanalilasi Puncak Bogor

Posted: 26 Oct 2019 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi bagi-bagi bunga dan stiker mewarnai uji coba sistem kanalisasi sebagai pengganti one way atau satu arah di jalur Puncak, Bogor, Minggu (27/10/2019).

Puluhan tangkai bunga mawar merah dan stiker 'Save Puncak' dibagikan oleh Bupati Bogor Ade Yasin, Kapolres Bogor AKBP M Joni dan sejumlah petugas Satlantas Polres Bogor beserta dari Kementerian Perhubungan.

Kemudian, bunga dan stiker diberikan sambil menyosialisasikan rekayasa lalu lintas berupa sistem kanalisasi 2:1 kepada pengendara roda empat.

"Kita sedang menyosialisasikan kanalisasi ya bu. Kalau lancar dan sukses nanti tidak akan ada lagi one way," kata Bupati Bogor Ade Yasin saat memberikan bunga kepada seorang pengendara di Simpang Gadog Puncak.

Ade menilai sistem kanalisasi 2:1 ini untuk mengurangi kemacetan di jalur Puncak terutama saat akhir pekan maupun libur panjang.

Puspita Sari seorang pengendara ditemui di Simpang Gadog berharap berharap kemacetan juga dapat berkurang setelah sistem kanalisasi berjalan, sehingga liburan ke Puncak tidak dibayangi rasa takut oleh macet.

"Tapi saya tadi lihat dari gerbang Tol Ciawi sampai sini (simpang Gadog) ga ada antrean. Biasanya kan jam segini sudah macet panjang ya," kata Sari.

Dari pantauan Liputan6.com pada pukul 09.00 WIB di pintu gerbang Tol Ciawi hingga Simpang Gadog tidak tampak antrean panjang kendaraan. Kendaraan bergerak lancar.

Namun, kepadatan terjadi di kawasan Pasir Angin hingga Simpang Megamendung. Kendaraan di lajur 1 dan 2 mengarah Puncak bergerak merayap. Sementara dari arah sebaliknya tampak lancar bahkan cenderung lengang.

Jadi 3 Jalur

Jika sebelumnya dalam rekayasa lalu lintas buka tutup, kendaraan hanya bisa bergerak satu arah pada waktu tertentu mulai Simpang Gadog menuju Puncak atau sebaliknya, pada skema kanalisasi, di lajur 2–1 kendaraan dapat bergerak dari dua arah dalam waktu bersamaan.

Setiap akhir pekan jalur Puncak akan dioptimalkan menjadi 3 lajur. Pemisahan lajur dilakukan dengan menempatkan traffic cone sepanjang Jalur Puncak mulai dari Simpang Gadog hingga Taman Safari Indonesia. Dari 3 lajur yang ada, nantinya diberlakukan mulai pukul 03.00–13.00 WIB, lajur 1 dan 2 akan diperuntukkan bagi kendaraan yang mengarah ke Puncak atau naik, sedangkan lajur 3 untuk kendaraan menuju arah Gadog atau turun.

Kemudian, pada pukul 12.30–14.00 WIB lajur 1 tetap diperuntukkan bagi kendaraan yang mengarah ke Puncak, namun lajur 2 untuk sementara ditutup dari arah Simpang Gadog untuk memastikan lajur 2 bersih dari kendaraan yang menuju ke Puncak. Sedangkan lajur 3 tetap untuk kendaraan menuju Simpang Gadog atau turun.

Setelah lajur 2 steril dari seluruh kendaraan, maka pada pukul 14.00 – 20.00 WIB arus lalu lintas berubah menjadi lajur 1 untuk kendaraan mengarah ke Puncak (naik). Sedangkan lajur 2 dan 3 untuk kendaraan mengarah ke Simpang Gadog (turun).

Adapun mulai pukul 20.00 – 03.00 WIB pengaturan lalu lintas kembali normal menjadi dua lajur untuk dua arah. Meski jam operasional sistem 2-1 telah ditetapkan, namun jika kondisi di lapangan memerlukan tindakan insidental maka dapat diberlakukan diskresi kepolisian.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Makanan Penghasil Kolagen untuk Kesehatan Kulit, Cegah Penuaan

Posted: 26 Oct 2019 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kolagen merupakan protein yang memberi struktur kulit, kekenyalan dan elastisitas kulit. Ada lebih dari 28 jenis kolagen yang ditemukan dalam tubuh manusia, menjadikannya protein paling melimpah dan penting dari kepala hingga kaki. 

Tak cuma bermanfaat bagi kulit, kolagen juga merupakan salah satu blok pembangun utama tulang, kulit, otot, tendon dan ligamen. Kolagen juga ditemukan di banyak bagian tubuh lainnya, termasuk pembuluh darah, kornea, dan gigi. Kolagen diproduksi alami pada tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen kian menurun.

Makanan kaya nutrisi dapat membantu membangun kolagen dalam tubuh. Dibanding suplemen, makanan-makanan ini jauh lebih aman dan sehat. Dilansir dari Healthline, sebuah tinjauan tahun 2012 tentang nutrisi dan penuaan juga menyimpulkan bahwa buah dan sayuran adalah pendekatan yang paling aman dan sehat untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Mengonsumsi makanan kaya kolagen atau makanan yang meningkatkan produksi kolagen juga dapat membantu menciptakan asam amino yang dibutuhkan kulit. Ada tiga asam amino yang penting untuk sintesis kolagen: prolin, lisin, dan glisin. Berikut daftar makanan yang membantu produksi kolagen, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu(27/10/2019).

Makanan Penghasil Kolagen: Kaldu tulang

Ilustrasi kaldu tulang./Copyright shutterstock.com

Kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat, ia mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya. Kaldu tulang dibuat dengan mendidihkan tulang sapi, ayam, kambing, atau bahkan ikan dalam air, proses ini diyakini mengekstraksi kolagen.

Memasak kolagen dalam kaldu tulang kolagen mengubahnya menjadi gelatin, menyediakan asam amino bagi tubuh yang merupakan bahan pembangun protein.

Selain itu, kaldu tulang dikatakan baik untuk usus, karena gelatin meningkatkan keseimbangan dan pertumbuhan probiotik. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa kolagen menenangkan dan melindungi lapisan saluran pencernaan.

Makanan Penghasil Kolagen: Putih telur

Putih Telur / Sumber: iStockphoto

Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak produk hewani lainnya, putih telur memiliki prolin dalam jumlah besar, salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen. putih telur tinggi protein tetapi rendah kalori. Bahkan, mereka mengemas sekitar 67% dari semua protein yang ditemukan dalam telur.

Konsumsi putih telur secara teratur juga membantu peremajaan jaringan dan sel yang menghasilkan kulit lebih halus. Putih telur adalah sumber yang luar biasa untuk mencegah tanda-tanda awal penuaan seperti keriput dan garis-garis halus.

Makanan Penghasil Kolagen: Buah Jeruk

ilustrasi jeruk/Photo by Adam Śmigielski on Unsplash

Vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen. Vitamin ini juga membantu produksi kolagen, dan karenanya membantu membangun dan memelihara kulit, tendon, ligamen, pembuluh darah, dan tulang rawan.

Karena itu, mendapatkan cukup vitamin C sangat penting. Jeruk seperti jeruk manis, jeruk bali, lemon, dan limau penuh dengan nutrisi ini. Satu jeruk berukuran sedang memiliki sekitar 70 mg vitamin C.

Makanan Penghasil Kolagen: Ikan dan kulitnya

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Seperti hewan lainnya, ikan dan kerang memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim kolagen laut adalah salah satu yang paling mudah diserap. Ikan, secara umum, sudah merupakan pilihan yang bagus karena kaya akan asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen.

Bagian ikan yang kaya kolagen diantaranya adalah kepala, sisik, atau bola mata. Faktanya, para peneliti telah menggunakan kulit ikan sebagai sumber peptida kolagen. Kulit ikan begitu halus setelah dibuang sisiknya karena ada konsentrasi tinggi kolagen tipe I yang menyumbang mayoritas kolagen di kulit.

Makanan Penghasil Kolagen: Ayam

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Beberapa suplemen kolagen berasal dari ayam. Ini karena ayam memiliki jaringan ikat di dalamnya. Jaringan ini menjadikan ayam sumber kolagen dari makanan yang melimpah. Beberapa penelitian telah menggunakan leher dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen yang paling besar.

Ayam mengandung kolagen tipe 2 yang bermanfaat bagi kulit, dan bekerja dengan menyebabkan tubuh menghasilkan zat yang melawan rasa sakit dan bengkak. Kolagen pada ayam juga sering digunakan untuk mengobati nyeri sendi yang terkait dengan banyak jenis radang sendi dan pembedahan, serta nyeri punggung, nyeri leher, dan nyeri setelah cedera.

Makanan Penghasil Kolagen: Tomat

ilustrasi tomat/Photo by Deniz Altindas on Unsplash

Tomat - terutama tomat yang dikeringkan dengan sinar matahari - juga mengandung vitamin C tingkat tinggi yang dibutuhkan untuk produksi kolagen. Tomat juga mengandung antioksidan lycopene, yang dikenal untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan kerusakan kolagen.

Jika diaplikasikan secara topikal, vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Citamin C pada tomat bisa membuat kulit lebih kencang. Tomat juga kaya akan vitamin B. Vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan.

Makanan Penghasil Kolagen: Sayuran hijau

Ilustrasi sayuran hijau (iStockphoto)

Sayuran hijau bayam, kangkung, dan sawi kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan zat besi. Klorofil dalam sayuran hijau ini dapat meningkatkan jumlah prokolagen (prekursor kolagen). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen di kulit.

Vitamin C dalam sayuran hijau juga mengandung kolagen yang baik untuk tubuh. Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kaya akan zat besi. Sebuah studi dalam edisi 2009 "Journal of Korean Society of Food Science and Nutrition", mengatakan zat besi dapat membantu dalam pembentukan kolagen. Besi adalah blok penyusun dan co-faktor, bersama dengan asam askorbat, silikon, prolin dan lisin, dalam produksi kolagen.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United vs Barito Putera: 3 Poin Harga Mati

Posted: 26 Oct 2019 08:10 PM PDT

Bali - Bali United bakal menghadapi Barito Putera pada pertandingan pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019. Laga ini akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/10/2019).

Bali United kembali bermain di kandang untuk kedua kalinya secara beruntun setelah menghajar Badak Lampung FC 3-0 (22/10/2019). Saat ini, tim berjulukan Serdadu Tridatu ini berstatus penguasa klasemen sementara dengan menorehkan 51 poin dari 22 pertandingan.

"Mengenai persiapan, kami sekarang fokus ke recovery pemain. Kami ingin pemain memiliki kondisi fisik dan tenaga yang bagus saat pertandingan melawan Barito Putera. Kami juga sudah melakukan beberapa program untuk memperbaiki kekurangan di pertandingan sebelumnya," ujar pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco dinukil dari laman klub.

"Saya rasa pertandingan nanti akan sangat penting buat kami karena kami akan bermain di kandang. Mudah-mudahan kami bisa main bagus lagi dan menang seperti pertandingan sebelumnya," imbuh Teco.

Teco tetap menganggap Barito Putera sebagai lawan yang berbahaya, kendati tim lawan minus dua pemain, Evan Dimas Darmono dan Francisco Torres. Masing-masing pemain itu akan absen karena bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 dan menjalani akumulasi kartu.

"Mereka merupakan pemain berkualitas. Saya tahu Torres, yang di putaran pertama bermain untuk Badak Lampung, merupakan penyerang yang cukup produktif. Evan Dimas juga semua sudah tahu kualitas dia yang luar biasa. Tapi, saya pikir mereka juga punya pemain lain yang siap menggantikan pemain yang absen," kata Pelatih Bali United itu.

Catatan Apik Barito Putera

Pelatih Barito Putra, Djadjang Nurdjaman, saat melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (23/9/2019). Persija menang 1-0 atas Barito Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Untuk menantang Bali United, Barito Putera membawa 20 pemain. Tim berjulukan Laskar Antasari itu kehilangan tiga personel. Selain Evan dan Torres, Barito Putera tanpa diperkuat Muhammad Riyandi, yang mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22.

Meski begitu, pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, tetap menganggap ia bisa memainkan komposisi terbaik skuatnya.

"Alhamdulillah, kami bisa membawa tim terbaik saat melawan Bali United nanti. Target kami dapat tambahan poin untuk mendongkrak peringkat Barito Putera," kata Djadjang Nurdjaman.

Partai ini sangat prestisius bagi kedua kubu, terutama Serdadu Tridatu. Maklum, Barito Putera yang menghentikan catatan tak terkalahkan dalam enam pertandingan milik Bali United pada putaran pertama. Ketika itu Laskar Antasari menang dengan skor 1-0 (14/7/2019).

Djadjang Nurdjaman telah menyiapkan strategi untuk menjaga catatan bagus tersebut.

"Persiapan kami sangat baik. Semua perencanaan telah dipahami semua pemain. Termasuk kontrastrategi untuk meladeni permainan tuan rumah," ujar pelatih asal Bandung ini. 

Mantan arsitek Persebaya Surabaya itu juga mengincar poin karena posisi Barito Putera belum aman dari ancaman degradasi. Posisi Rizki Pora dkk. suatu saat bisa merosot, bila tak dapat tambahan poin.

"Tiap pertandingan penting. Tiap poin sangat berarti, meski hanya satu. Tapi, kami harus sangat serius menghadapi Bali United. Mereka pimpinan klasemen sementara musim ini. Saya berharap pemain tetap punya daya juang seperti mengalahkan mereka di putaran pertama," tuturnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Skuat Bali United di Shopee Liga 1 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Made Andhika, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Fahmi Al-Ayyubi, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih; Stefano Cugurra Teco

Barito Putera (4-2-3-1): Adhitya Harlan (k); Nazar Nurzaidin, Cassio de Jesus, Donny Monim, Roni Beroperay (b); Kosuke Uchida, Bayu Pradana; Gavin Kwan Adsit, Rizky Pora, Samsul Arif (t); Rafael Silva (d)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Tim Sendiri, Begini Cara Servis Mobil Dinas Presiden

Posted: 26 Oct 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, mobil dinas VVIP Kepresidenan akan berganti menjadi Mercedes Benz S600 Guard. Sudah diproses, mobil terbaru itu rencananya akan digunakan 2020 mendatang.

Digunakan untuk kepentingan negara, bagaimana sistem servis mobil pabrikan otomotif asal Jerman tersebut?

Menanggapi pertanyaan itu, Deputy Director Sales Operations & Product Management PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto menegaskan mobil presiden tidak harus datang ke bengkel resmi.

"Masalah perawatan karena ada unsur confidentiality tentu tidak harus datang ke bengkel kita. Mereka punya tim sendiri yang sudah kita latih," kata Kari di Jakarta.

Pria yang akrab disapa Kari itu juga menegaskan pihaknya tidak hanya melatih montir yang akan melakukan servis, namun juga sopir yang mengendarai mobil dinas presiden.

"Pelatihan sudah secara rutin. Sebelum pelantikan semua pengemudi juga kita latih untuk pengenalan fitur, jadi kita undang untuk training kepada paspampres atau pengemudi yang terlibat. Tim servis dari istana tapi kita yang memberikan pelatihan," ujarnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

Mesin Mercedes Benz S600 Guard

Selain itu, terdapat pula sistem rem abs, active blind spot assist, active lane keeping assist, pre-safe brake dan rem parkir listrik.

Tersedia pula fitur night view assist plus, sistem lampu cerdas LED, dan Kamera 360. Untuk bagian interior, S 600 Guard dilengkapi sandaran kaki dan bantal pada jok belakang, serta sistem multicontour, yang mampu memanjakan penumpang karena bisa mengatur mode penghangat dan pijat.

Penumpang juga bisa melakukan panggilan bisnis melalui telepon yang terintegrasi dengan handset dan layar sentuh. Ada pula lampu baca dengan teknologi LED.

Dari sisi dapur pacu, S 600 Guard dibenamkan mesin bensin V12, yang mampu menghasilkan 530 Tk dan torsi 830 Nm karena dikawinkan dengan transmisi otomatis 7G-TRONIC.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncikari Prostitusi Online Publik Figur PA Positif Narkoba

Posted: 26 Oct 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polda Jawa Timur telah menetapkan JL sebagai tersangka atas kasus prostitusi online yang melibatkan publik figur berinisial PA. Bahkan JL dinyatakan positif mengonsumsi narkoba setelah dilakukan tes urine.

Direktur Reskrimum Polda Jatim Kombes Gideon Arif Setyawa mengatakan, pihaknya menemukan adanya kandungan tetrahydrocannabinol atau THC dalam urine JL. Kandungan itu diketahui merupakan ekstrak dari narkotika jenis daun ganja.

"Kami lakukan tes urine terhadap JL. Hasilnya positif reaktif menggunakan tetrahydrocannabinol atau THC, yang merupakan ekstrak dari ganja," katanya, Minggu dini hari, (27/10/2019).

Dalam kasus prostitusi ini, polisi baru menetapkan JL sebagai tersangka. Dia dijerat dengan Pasal 296 jo Pasal 506 KUHP.

"Karena diduga telah menerima atau mengambil keuntungan dari kegiatan prostitusi. Sementara si JL tersangka," ucap Gideon.

Gideon memastikan, pihaknya akan terus mengembangkan kasus prostitusi online tersebut. Polisi masih memburu tersangka lain yang diduga berperan sebagai muncikari jaringan JL.

"Saat ini masih dilakukan pengejaran. Tim ada yang di Jakarta," tegasnya.

 

 

PA dan YW Masih Saksi

PA alias Putri Amelia, tersangka prostitusi online yang ditangkap Polda Jawa Timur. (Dian Kurniawan)

Sementara itu, polisi meluruskan informasi yang semula menyebut PA telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus prostitusi online. Polisi menyebut, PA dan pemakainya berinisial YW masih berstatus sebagai saksi.

Keduanya telah diperbolehkan pulang setelah menjalani pemeriksaan intensif selama 1x24 jam. Sementara JL sang muncikari ditahan selama 20 hari ke depan.

Sebelumnya, Polisi menggerebek sebuah kamar hotel di Kota Batu, Malang, Jawa Timur pada Jumat (25/10) malam. Dalam penggerebekan itu, polisi mendapat sepasang lelaki dan perempuan usai melakukan persetubuhan.

Si perempuan diketahui merupakan seorang publik figur berinisial PA. Sedangkan lelaki hidung belang diketahui berinisial JW. Selain kedua orang itu, polisi juga menangkap seorang pria berinisial JL yang diduga sebagai muncikari dari PA.

 

Reporter: Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuaca Panas, Aksi Wanita Bekasi Menggoreng Kerupuk di Aspal Ini Viral

Posted: 26 Oct 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suhu panas bukan hanya melanda kota Jakarta, tapi di daerah Bekasi, Jawa Barat pun turut mengalami hal yang sama. Uniknya, panasnya suhu pada siang hari malah dimanfaatkan beberapa warga untuk memasak tanpa menggunakan kompor.

Salah satunya warga asal bekasi bernama Sulastri (25), yang sempat viral di media sosial. Ia menjadi viral karena beredarnya sebuah video yang memperlihatkan dirinya sedang menggoreng kerupuk di jalanan tanpa menggunakan kompor.

Dengan bermodalkan alat masak seperti penggorengan dan spatula, Sulastri mencoba menggoreng kerupuk dengan bantuan sinar matahari. Terbukti, aksi yang dilakukan Sulastri ini berhasil walaupun kerupuk yang digoreng tidak terlalu matang.

Sulastri juga mengaku bahwa ia melakukan aksi tersebut di atas aspal, dia juga hanya iseng melakukan aksi tersebut.

1. Suhu yang Sangat Panas

Ilustrasi Lipsus Cuaca Panas

Sulastri mengatakan bahwa alasan ia melakukan aksi tersebut dikarenakan, suhu pada daerah Pulau Jawa sudah mencapai 36 hingga 39 derajat Celcius.

2. Bukan Hanya Sulastri

ilustrasi telur rebus/copyright Rawpixel

Memanfaatkan suhu panas yang terjadi di daerah Pulau Jawa, Tuti Rawati juga melakukan aksi yang sama dengan Sulastri. Warga asal Kampung Cereweci juga menjajal eksperimen yang dilakukan Sulastri sebelumnya dengan merebus telur.

Menurut Tuti, jika kerupuk yang digoreng saja bisa matang maka sudah seharusnya telur yang ia rebus pun akan bisa matang

3. Menurut BMKG

Sumber: Google

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa, suhu udara panas yang melanda Pulau Jawa diakibatkan posisi matahari yang baru saja beralih ke selatan. Kondisi panas yang terjadi juga semakin diperparah dengan peluang hujan yang masih rendah karena aliran masa udara dari timuran masih kuat.

 

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suasana Magis dalam Ritual Kiat Damar Jelang Pilkades Cirebon

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Hilir mudik warga desa di Kabupaten Cirebon pada akhir pekan ini tampak berbeda. Mereka memadati kantor desa untuk melihat ritual Kiat Damar pada malam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Bukan hanya rentan ricuh, dalam pemilihan kuwu tersebut dipenuhi suasana magis. Pada malam pencoblosan, calon kepala desa selalu menggelar ritual yang oleh masyarakat setempat disebut Damar.

"Iya di sini ramai biasanya sampai tengah malam bisa sampai pagi lagi," kata salah seorang warga Desa Keraton Reno, (27/10/2019).

Dalam ritual Kiat Damar Cirebon sendiri semua calon kepala desa membakar kemenyan lengkap dengan sesajen yang disediakan di suatu ruangan. Mereka biasanya memiliki dukun pilihan sendiri untuk menggelar ritual tersebut.

Ritual tersebut dilakukan setiap malam sebelum pemilihan kepala desa berlangsung.

"Itu juga bisa menjadi media gaib. Calon yang akan menang biasanya ditandai dengan nyala api yang lebih besar dibanding yang lain," ujar dia.

Momen tersebut kemudian menjadi peluang warga lain mencari rezeki. Sejumlah pedagang ikut memadati malam Kiat Tradisi Damar di desa yang menggelar Pilkades.

Reno mengaku pada kontestasi Pilkades tersebut, para calon kepala desa membagikan uang kepada pemilih dalam jumlah yang terbilang besar.

Oleh karena itu, Reno mengaku tidak heran jika ongkos politik yang dikeluarkan Pilkades Cirebon mencapai miliaran rupiah.

"Karena Pilkades ini lebih terasa pesta demokrasinya calon kades fokus kampanye di desa mereka dan itu suasananya terasa sekali," kata dia.

Pelopor Demokrasi di Tanah Air

Tradisi Kiat Damar para calon kades di Cirebon menyalakan sesajen pada malam pemilihan kepala desa. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Tradisi Kiat Damar dalam setiap pemilihan kepala desa tidak lepas dari sejarah asal muasal pemilihan kepala desa. Sejarawan Cirebon Nurdin M Noor menyebutkan, pemilihan kuwu atau kepala desa menjadi ajang pemilihan pemimpin di desa yang sangat riuh.

Kuwu, kata dia, asal kata dari bahasa Sanskerta dengan padanan kata dari Cakradara, berarti 'penguasa setingkat adipati', seperti Akuwu Tunggul Ametung di Singosari.

Sementara di Cirebon disebut Kuwu sejak sebelum abad ke-14 Masehi. Dari catatan sejarah, pemilihan Kuwu di Cirebon lebih dulu berlangsung dibandingkan dengan pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Nurdin menyebutkan, pemilihan kepala desa pertama di Cirebon dilakukan sejak tahun 1604 dengan model pemilihan One Man One Vote, sementara pemilihan Presiden Amerika Serikat pada 1774 dengan dipilih langsung oleh lembaga pemilihan umum.

"Jadi kalau ada yang bilang demokrasi kita meniru gaya Barat, saya kira keliru. Dari model pemilihan pemimpinnya saja lebih dulu kita di Indonesia, tepatnya Cirebon," ujar Nurdin.

Rata-rata para kuwu berkuasa selama belasan tahun, dipilih berdasarkan ilmu, akhlak dan tanggung jawabnya. Pemilihan kuwu sebelum Belanda berkuasa diserahkan kepada masyarakat dan mendapat restu Sultan.

Saat Belanda berkuasa penuh, harus mendapat restu Belanda.

"Pada akhir abad 19 atau awal abad 20 kemungkinan kuwu mulai dipilih secara langsung, bebas dan rahasia oleh masyarakat di kotak suara," kata dia.

Kotak suara pada masa pemilihan kuwu berupa bumbung bambu. Setiap pemilih mendapat sebuah koin atau biting kayu yang dimasukkan ke dalam bumbung kuwu yang mengikuti pemilihan. Calon kuwu dibungkus dengan kain berwarna tertentu sebagai lambang kuwu pilihannya.

"Inilah perubahan dari musyawarah mufakat para pemuka desa, menjadi pemilihan langsung oleh seluruh masyarakat. Sementara untuk kuwu yang sudah tidak menjabat disebut kuwu manten, berdasarkan kaidah bahasa Sunda.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Dies Natalis ke-59, ITS Hadirkan Festival Dolanan

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Ikatan Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Pengurus Wilayah Jawa Timur inisiasikan Festival Dolanan Sepuluh Nopember.

Festival tersebut untuk meriahkan Dies Natalis ke-59 ITS, HUT ke-74 Jawa Timur dan Hari Sumpah Pemuda. Dengan tujuan utama untuk mensosialisasikan dolanan tradisional pada generasi muda, helatan ini digelar di Taman Alumni ITS, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Kehidupan adalah hal yang dinamis, perubahan pasti terjadi dari masa ke masa. Sebelum ada, gempuran perkembangan teknologi, kehidupan di masa lampau sangat kental dengan interaksi sosial.

Salah satu manifestasi dari interaksi sosial tersebut adalah permainan tradisional, permainan yang sarat akan nilai untuk menjunjung tinggi kebersamaan dan kerja sama.

Dewasa ini permainan tradisional mulai tergerus dan tergantikan dengan gawai. Hanya dengan satu perangkat gawai, pengguna dapat mengakses banyak hiburan seperti gim dan video animasi.

Saat membuka Festival Dolanan ini, Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengungkapkan keprihatinannya pada fenomena generation gap ini. "Sekarang anak-anak memilih menonton video di Youtube ketimbang bermain dan berinteraksi di luar bersama teman-teman," ungkapnya.

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Solusi Tepat untuk Hadapi Fenomena Generatioon Gap

Ikatan Alumni (IKA) ITS Pengurus Wilayah Jawa Timur inisiasikan Festival Dolanan Sepuluh Nopember. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Koordinator Acara Festival Dolanan Sepuluh Nopember, Rizky Laksmi Wityasari ST menuturkan, helatan ini adalah solusi tepat untuk menanggapi fenomena _generation gap_ ini.

"Acara ini terdiri dari tiga subevent yaitu kompetisi bentengan, kompetisi musik patrol, dan kompetisi gobak sodor," tutur Rizky. 

Selain itu, ia menuturkan, ada juga stan-stan permainan tradisional seperti engklek, bekelan, lompat tali, dan banyak lagi yang disediakan panitia. 

Menurut Laksmi, Festival Dolanan ini sempat diadakan dua tahun yang lalu. Namun pada saat itu hanya sebatas mahasiswa dan alumni, atau internal ITS. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Festival Dolanan 2019 kali ini mengizinkan masyarakat umum untuk turut berpartisipasi menjadi peserta kompetisi musik patrol dan siswa SMA menjadi partisipan pada kompetisi bentengan dan gobak sodor. Antusiasme ini terlihat pada banyaknya peserta yang meningkat dari tahun sebelumnya.

Berkaitan dengan hal ini, Laksmi menyatakan sangat mungkin Festival Dolanan ini akan diadakan tahunan. "Nanti kita (IKA ITS PW Jatim- red) akan mengkaji lebih lanjut soal rencana ini. Semoga bisa direalisasikan untuk Festival Dolanan menjadi acara tahunan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Jam Tangan Lokal yang Tak Kalah Kece dari Merek Luar Negeri

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Serba lokal, siapa takut? Pasal, sudah banyak produk lokal, baik secara kualitas, desain, maupun harga, yang sangat mungkin bersaing dengan gempuran label luar negeri. Dari sekian banyak klasifikasi, jam tangan lokal termasuk satu yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Usungan material dengan beberapa sentuhan Indonesia di sana-sini, tak lupa embanan filosofi di baliknya, ragam label yang mengeluarkan jam tangan ini secara berkala menarik minat pasar, entah dalam ataupun luar negeri. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya yang dirangkumkan Liputan6.com.

Matoa

Siapa tak tahu brand jam tangan lokal asal Bandung, Jawa Barat ini? Produk berdesain minimalis ini memanfaatkan kayu utuh dan limbah sebagai material. Aksen yang simpel, tapi detail, belum lagi tawaran ragam model, membuat label yang namanya berasal dari salah satu pohon buah asal Papua ini laris manis.

Luxury watch buatan anak bangsa ini membanderol produknya dengan harga mulai dari Rp950 ribu. Di samping jam tangan, brand ini, masih memakai kayu sebagai material, berekspansi ke berbagai produk lain, termasuk kacamata.

Produk jam tangan lokal dari label Woodka. (dok. Instagram @woodka_/https://www.instagram.com/p/B4Cj26_gdyF/)

Woodka

Masih memanfaatkan kayu, hanya saja label Woodka menambahkan twist menarik dipresentasi produk jam tangan mereka. Di sekian banyak produk, ring jam tangan tetap memanfaatkan kayu, sementara talinya lebih fleksibel.

Bahkan, Anda bisa membeli strap secara terpisah. Jadi, walau hanya punya satu ring, jam tangan bisa seolah terus berganti. Tapi, ada pula model solid dengan detail begitu cantik.

Pilihan strap-nya sesederhana blue leather, beberapa dengan desain colorful, juga ada yang memanfaatkan tenun sebagai material. Jam tangan lokal ini dibanderol mulai dari Rp500 ribuan, satu jam tangan solid sekitar Rp1,2 juta, dan strap Rp150 ribu.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Label Jam Tangan Lokal

Produk jam tangan lokal dari label Carousel. (dok. Instagram @carousel.store/https://www.instagram.com/p/BpQQwp3AJJh/)

Carousel

Label jam tangan ini adalah pemenuh hasrat Anda yang suka jam tangan dengan desain funky dan tersedia dalam beberapa warna menggemaskan. Tapi, potongan dan desain secara keseluruhannya tetap simpel dan super waerable.

Produk lokal dari label asal Yogyakarta ini dihargai mulai dari Rp250 ribu saja. Di samping jam tangan, label ini juga menjual apparel, ragam aksesori, dan outerwear dengan 'DNA' desain khas.

Eboni

Bagi anak-anak aesthetic, produk jam tangan Eboni sudah pasti menggoda. Kendati meramaikan label yang memproduksi jam tangan kayu, Eboni mengusung gagasan berbeda, yakni memanfaatkan teknologi untuk membuat baterai lebih awet.

Ragam fitur terkesan premium ini tak lantas membuat harga jam tangan Eboni melambung. Dengan merogoh kocek rata-rata Rp450 ribu, Anda sudah bisa membawa pulang jam tangan satu ini.

Jam Tangan Buatan Anak Bangsa

Produk jam tangan lokal dari label Roodolph Watch. (dok. Instagram @roodolphwatch/https://www.instagram.com/p/B3jwTDPATlr/)

Roodolph Watch

Simpel dan minimalis, begitulah kesan yang lekat dengan label jam tangan lokal Roodolph Watch. Brand asal Bandung, Jawa Barat ini menghadirkan model ring jam tangan beragam, mulai dari bulat sampai persegi.

Tampilannya kian menawan dengan ragam pilihan strap. Sangat cocok bagi Anda penganut chic style, jam tangan ini dibanderol mulai dari Rp525 ribu.

Bono

Desain terkesan mewah membuat jam tangan produksi label Bono sering kali disangka mahal. Padahal, demi membawa pulang barang satu ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp300 ribuan.

Desainnya membuat jam tangan ini cocok dipakai, baik di acara formal maupun keseharian. Pilihan warananya juga beragam, ada yang hitam sampai lebih manis seperti rose gold.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019: Siaran Langsung Hari Ini

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 memasuki pekan ke-25. Hari ini ada dua laga yang bakal digelar untuk penikmat sepak bola tanah air.

Bali United akan menantang Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Laga akan disiarkan pukul 18.30 WIB di Indosiar.

Bali United kini di puncak klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan koleksi 51 poin dari 22 laga. Sementara Barito masih tertahan di posisi ke-12 klasemen dengan koleksi 26 poin.

Di laga lain Kalteng Putra akan menantang Persela Lamongan. Kemenangan sangat penting agar keduanya keluar dari papan bawah.

Berikut jadwal Shopee Liga 1 2019 hari ini:

 

Jadwal

Minggu, 27 Oktober 2019

15.30 WIB, Kalteng Putra Vs Persela (Indosiar)

18.30 WIB, Bali United Vs Barito Putera (Indosiar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Teriak, Ini Cara Efektif Didik Anak Lebih Disiplin

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat anak tidak disiplin berulang kali kadang membuat orangtua kesal. Alhasil, tak sengaja aberakhir dengan melakukan kekerasan fisik pada anak.

Memukul atau mencubit maupun kekerasan fisik lain tentu bukan cara tepat melatih anak agar disipilin. Ingat, bahwa tujuannya adalah mengajarkan anak apa yang salah dan apa yang seharusnya dilakukan. 

"Semua hukuman fisik itu tidak boleh dilakukan. Dengan memukul kita mengajarkan bahwa kekerasan fisik adalah hal yang diperbolehkan. Nanti dia akan mencontoh," kata psikolog anak, Rayi Tanjung Sari saat diskusi dalam acara ulang tahun pertama Orami Community di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

Selain kekerasan fisik, Rayi juga mengatakan orangtua sebaiknya menghindari berteriak saat memarahi anak. Hal itu dapat memicu emosi negatif pada anak. 

Memang dalam mendidik anak, kata Rayi, diperlukan kesabaran dan empati untuk bisa memahami perspektif si Kecil. Kemudian membimbingnya ke arah yang lebih baik.

Sementara bila Anda  berteriak atau memukulnya malah menimbulkan dampak negatif pada anak. Yang dia ingat adalah pengalaman buruk tanpa memahami apa kesalahannya. 

Cara Efektif

Psikolog anak Rayi saat menerangkan disiplin positif pada anak. (Foto: Selma Vandika)

Rayi menekankan bahwa kunci dalam menerapkan disiplin ke anak adalah komunikasi yang positif.

"Kita enggak bisa kasih peraturan tiba-tiba kalau kita tidak bangun komunikasi dulu," katanya.

Ia menyarankan orangtua untuk melakukan introspeksi diri terlebih dahulu. Apakah sudah membangun hubungan komunikasi yang baik dengan anak sehingga bisa memberikan pemahaman bagi si Kecil.

Menurut Rayi, tanpa adanya komunikasi yang baik si Kecil justru akan cenderung mengalami kemunduran. Maka penting bagi orangtua untuk tidak berfokus memberikan hukuman tetapi memberikan disiplin dengan empati.

 

Penulis : Selma Vandika

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Citra Kirana Curhat Tak Menyangka Dilamar Rezky Aditya

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Diam-diam Citra Kirana telah resmi Dilamar oleh pria pilihan hatinya, Rezky Aditya. Acara pertunangan itu dilangsungkan di Bandung, Sabtu (26/10/2019).

Sehari setelah pertunangan ya dilangsungkan, Citra Kirana mengungkap rasa bahagia. Ia sendiri tak menyangka bahwa jodohnya ternyata adalah Rezky Aditya.

"Memang ga pernah ada yang menyangka akan seperti ini akhirnya..rahasia Allah ga ada yang tau yaa," tulis Citra Kirana di Instagramnya, Minggu (27/10/2019) pagi.

Aktris berhijab ini juga berharap agar segala niat baiknya menuju pernikahan diberi kelancaran. "Doain sehat-sehat yaa sampe hari H temen," kita dia.

Awal Pertemuan

Rezky Aditya dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki/thereal_rezkyadhitya)

Dalam kalimat berikutnya, Citra Kirana mengingat kembali awal pertemuannya dengan Rezky Aditya. Sayangnya, ia enggan menceritakan detail kenangan itu melalui Instagramnya.

"Jadi inget pertama ketemu lagi sama rezky setelah sekian lama lost contact hihi ceritain jangan??? Hmmmm kalo cerita nya di youtube aku dan rezky gimana? Setuju gak," tulis bintang Tukang Bubur Naik Haji itu.

Tertutup

Prewedding Citra Kirana (Sumber: Instagram /dierabachir)

Di hari bahagianya Citra Kirana mengenakan busana biru navy yang dipandu dengan kain batik, sementara Rezky Aditya memakai baju batik berwarna senada.

Sebelum acara lamaran ini terjadi, Citra Kirana tak pernah terbuka soal buhungannya dengan Rezky Aditya kepada publik. Namun yang pasti, para sahabat ikut berbahagia atas pertunangan tersebut.

Doa

"Selamat ya kalian, lancar2 sampai hari H," kata Yasmine Wildblood. 

"Ade cantik.. masya Allah.. selamat yah.. lancar sampe hari H," ucap Donita. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Migas Tunggu Terobosan Luhut Sebagai Menko Kemaritiman

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Perusahaan Hulu Migas Nasional (Aspermigas) menyambut baik pengangkatan Kembali Luhut Binsar Padjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kematiriman dan Investasi. Sebab ada harapan perbaikan iklim investasi.

"Kami mengucapkan selamat dan menyambut hangat atas terpilihnya Pak Luhut sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi," kata Ketua Umum Aspermigas John Karamoy saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Mewakili pelaku usaha di sektor hulu migas dan kilang, John pun mengusulkan agar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi segera dapat membuat regulasi dan terobosan, yang berpihak pada peningkatan peran pelaku usaha di sektor ini.

Pengusaha siap membantu memberikan masukan, untuk mendukung program kerja yang dibuat Luhut pada sektor migas.

"Sebagai sumbangan asosiasi kami kepada pencapaian target nasional, dalam peningkatan kesejahteraan rakyat, bangsa dan negara yang signifikan. Salam Sukses selalu," tandasnya.

Pada Pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama, Luhut memulai karir sebagai Kepala Staf Kepresiden Indonesia pertama pada tahun 2014 silam.

Hingga pada tanggal 12 Agustus 2015, Luhut ditetapkan oleh Presiden menjadi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan sebelum dipindahkan lagi menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada tanggal 27 Juli 2016.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

 

 

 

Pengusaha Minta Pemerintah Konsisten dengan Kebijakan Reformasi Ekonomi

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju duduk di tangga saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi  memperkenalkan para memperkenalkan mereka di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Kabinet Indonesia Maju akan membantu Jokowi-Ma'ruf pada periode 2019-2024. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan jajaran menteri pada susunan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Beberapa nama merupakan wajah lama yang telah mengisi posisi menteri pada kabinet sebelumnya, termasuk pada susunan menteri di bidang ekonomi seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kemudian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Menanggapi keputusan Jokowi tersebut, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta Widjaja Kamdani, menaruh harapan adanya konsistensi reformasi kebijakan ekonomi dari periode lalu ke periode pemerintahan saat ini.

"Karena kami lihat sebagian pejabat, khususnya di posisi-posisi kunci seperti menko-menko ekonomi-investasi dan menkeu yang masih diisi orang lama. Sehingga mereka tidak perlu periode transisi untuk mempelajari lagi isunya apa, kebutuhan stakeholders seperti apa, dan harus berbuat apa dari sisi kebijakan dan eksekusi kebijakannya," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (24/10/2019).

Dia juga mengatakan, pelaku pasar setidaknya bisa berharap stabilitas makro ekonomi nasional, stabilitas kebijakan ekonomi lintas sektor, dan agenda reformasi ekonomi akan tetap konsisten seperti periode sebelumnya.

"Ini baik untuk menunjukan keseriusan pemerintah Indonesia terhadap reformasi ekonomi nasional," ungkap Shinta.

Selain itu, ia menambahkan, menteri-menteri terkait juga dapat memberikan arahan kepada sejumlah menteri baru yang punya peran vital di Kabinet Indonesia Maju untuk memicu pertumbuhan nasional.

"Khususnya Mendag, Menperin dan BKPM, agar mereka bisa bergerak lebih cepat untuk mengatasi permasalahan ekonomi kita saat ini. Yakni masalah produktifitas, efisiensi dan daya saing," tukas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CEO Twitter 'Tampar' Bos Facebook Terkait Kebebasan Berpendapat

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter News Summit baru saja digelar. Dalam acara tersebut, CEO Twitter Jack Dorsey 'menampar' pesaing beratnya yaitu CEO Facebook Mark Zuckerberg lewat kritik.

Mengutip wawancara dengan pemimpin redaksi BuzzfeedNews, Ben Smith, yang dicuitkan secara langsung oleh jurnalis Sarah Frier, Dorsey mengkritik Zuck atas komentarnya soal kebebasan berpendapat.

"Kami banyak berbicara tentang ekspresi dan pendapat, namun kami tidak berbicara soal jangkauan, dan kami tak berbicara soal pengembangannya. Jangkauan dan pengembangan tidak direpresentasikan di komentarnya (Zuckerberg)," ujar Dorsey sebagaimana dilansir Business Insider dari Merdeka.com, Minggu (27/10/2019).

Hal ini mengacu pada komentar Zuck untuk tidak menyensor iklan politik dan menggambarkan Facebook sebagai tempat yang menawarkan kebebasan berpendapat dan juga platform untuk membangun lingkungan yang makin terbuka.

Hal ini ia contohkan dengan salah satu motivasi didirikannya Facebook adalah sebagai reaksi perang Irak, di mana ia menyebut bahwa jika lebih banyak orang memiliki 'suara' atau pendapat untuk berbagi pengalaman, mungkin sesuatu yang berbeda akan terjadi. Itulah mengapa Facebook ada.

Dorsey tak setuju akan hal ini. Ia menyebut bahwa dalam komentarnya, Zuckerberg banyak menyatakan sesuatu yang menyimpang dari sejarah. Hal ini Dorsey sebut sebagai hal yang menghilangkan keaslian dan kemurnian motivasi dari apa yang para pendiri jejaring sosial ingin lakukan dari awal.

Dorsey tentu mengecam keputusan Facebook untuk membuat platform media sosial jadi tempat yang teralalu 'powerful' untuk berkampanye, mengingat basis pengguna dan kemudahan persebaran berita palsu yang sungguh besar.

Khawatir Tentang Erosi Kebenaran

Zuck --sapaan akrab Zuckerberg -- menilai video game memiliki banyak hal positif, meskipun di beberapa sisi juga mengandung hal negatif.

Kebebasan berpendapat sendiri menjadi salah satu hal yang tengah menjadi sorotan sejak penggunaan media sosial untuk berbagai keperluan kian masif.

Terkini, CEO Facebook Mark Zuckerberg, menegaskan soal kebebasan berpendapat di jejaring sosial itu.

Dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post yang Tekno Liputan6.com kutip pada Sabtu (19/10/2019), Zuckerberg mengatakan bahwa di satu sisi, dia mengaku khawatir "tentang erosi kebenaran", yang mungkin ditimbulkan oleh kebebasan berpendapat.

Namun di sisi lain, dia mengatakan, "Saya tidak berpikir orang ingin hidup di dunia di mana Anda hanya bisa mengatakan hal-hal yang diputuskan perusahaan teknologi adalah seratus persen benar. Dan saya pikir ketegangan itu adalah sesuatu yang harus kita jalani."

Terkait isu ini, Facebook beberapa waktu lalu dikritik lantaran iklan politik yang dinilai menyesatkan.

Partai Demokrat telah memberi perhatian khusus atas sikap Facebook yang mengizinkan iklan kampanye Donald Trump untuk Pemilihan Presiden 2020 yang di dalamnya dinilai memuat misinformasi. 

Bahkan gara-gara hal ini, secara satiris Senator Elizabeth Warren mengatakan bahwa Zuckerberg mendukung Trump untuk dipilih kembali.

Dorsey Juga Kerap Dikritik

Jack Dorsey, CEO Twitter yang menjalani diet ketat. (dok.Instagram @jackdorsey_square/https://www.instagram.com/p/BkUUn3-A29j/Henry

Terkait penggunaan jejaring sosial, terutama di ranah politik, CEO Twitter juga sering tersandung masalah. Terakhir adalah soal pemblokiran akun presiden AS Donald Trump.

Hal ini dilakukan oleh salah satu senator yang juga calon Presiden AS dari Partai Demokrat, yakni Kamala Harris. Sang senator mengirim surat ke sang CEO.

Harris mengutip deretan kebijakan Twitter soal pelecehan, ancaman, dan hasutan yang mengarah pada kekerasan, yang kesemuanya dilanggar oleh Trump dalam cuitannya.

Harris juga menyebut, Trump melakukan "ancaman terang-terangan" di dalam cuitannya.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Twitter menyebut bahwa mereka telah menerima surat dari Harris dan berencana menanggapi Harris.

Jika melihat rekam jejak masa lalu, Twitter tak pernah mengambil tindakan soal politisi yang melanggar kebijakan Twitter.

Meski demikian, Twitter akhirnya mengungkap kebijakan barunya di posting blog resminya. Ini adalah kebijakan moderasi khusus untuk para pemimpin dunia dalam memanfaatkan platform berlogo burung tersebut.

Twitter menyebut bahwa mereka ingin menjelaskan secara lebih baik mengapa mereka membuat keputusan untuk meregulasi hal ini, mengingat banyak sekali posting kontroversial dari deretan tokoh politik dunia lewat Twitter.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus 39 Jasad dalam Truk di Inggris, Sopir Didakwa Pasal Pembunuhan

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Essex - Kasus temuan 39 jasad di dalam bak truk di Essex, Inggris, kini mulai memasuki ranah penuntutan, dengan seorang tersangka didakwa dengan pasal berlapis, termasuk pembunuhan tak berencana (manslaughter).

Maurice Robinson (25) merupakan sopir truk berpendingin yang di dalam muatan kargonya berisi 31 jenazah pria dan delapan wanita, di kota Greys, pada Rabu 23 Oktober 2019.

Robinson juga didakwa dengan pasal pidana perdagangan orang, pelanggaran imigrasi dan pencucian uang, kata Kepolisian Essex seperti dikutip dari BBC, Minggu (27/10/2019).

Tersangka yang berasal dari Laurel Drive, Craigavon, Irlandia Utara, akan hadir di hadapan Pengadilan Magistrasi Chelmsford, Inggris, pada Senin eosk.

Tersangka lainnya, seorang pria dan seorang wanita (keduanya 38 tahun) dari Warrington, Cheshire; serta seorang pria (48) dari Irlandia Utara masih dalam penahanan kepolisian. Belum jelas dakwaan apa yang akan dijatuhkan kepada mereka.

Namun, polisi menahan ketiganya atas tuduhan pembunuhan tak berencana dan berkonspirasi untuk memperdagangkan orang.

Seorang tersangka lainnya (20) telah ditangkap oleh Kepolisian Irlandia di Dublin akhir pekan ini, atas tuduhan memiliki keterkaitan dengan penyelidikan kasus di Essex, Inggris.

Identitas Korban

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Para 39 korban diduga sebagai komunitas imigran dari Vietnam. Muncul pula laporan bahwa beberapa berkewarganegaraan China. Status kewarganegaraan mereka masih diselidiki.

Tran Ngoc An, duta besar Vietnam untuk Inggris, mengunjungi lokasi perkara pada Sabtu 26 Oktober 2019 pagi, guna mengadakan pertemuan dengan Polisi Essex dan Dewan Kota.

Duta Besar juga telah berbicara dengan Menteri Dalam Negeri Priti Patel tentang kematian tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, kedutaan mengatakan ada "kesediaan untuk bertukar informasi dan berkoordinasi" dengan otoritas Inggris untuk membantu mengidentifikasi para korban.

Ia menambahkan bahwa belum ada konfirmasi resmi tentang identitas para korban.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengatakan dia telah meminta pihak berwenang terkait untuk segera menetapkan identitas para korban dan memeriksa kasus-kasus warga negara Vietnam yang dikirim ke luar negeri secara ilegal.

Penyelundupan Orang?

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Truk yang membawa jasad korban masuk ke Inggris dengan menyebrang melalui pelabuhan Zeebrugge, Belgia --Eropa daratan.

Petugas mengatakan telah terjadi "keterlibatan dalam jumlah besar" dari populasi Vietnam sejak ditemukannya jenazah pada dini hari Rabu.

Mereka mengatakan semua jasad kini telah dikeluarkan dari trailer dan pemeriksaan post-mortem sedang dilakukan.

Para korban telah membawa "sangat sedikit" dokumen identitas, meninggalkan petugas mengandalkan sidik jari, DNA, dan fitur-fitur khusus seperti tato atau bekas luka, katanya.

VietHome, sebuah organisasi yang mewakili komunitas Vietnam di Inggris, mengatakan telah menerima foto hampir 20 orang yang dilaporkan hilang.

BBC telah dihubungi oleh keluarga Vietnam yang khawatir kerabat mereka termasuk di antara yang tewas, termasuk keluarga Pham Thi Tra My (26) yang terakhir mengirim pesan keluarganya pada Selasa malam --sehari sebelum kasus Essex mencuat.

Dalam pesan singkat yang dibagikan oleh orangtuanya, dia berkata: "Saya benar-benar minta maaf, Mum dan Dad, perjalanan saya ke negeri asing telah gagal.

"Aku sekarat, aku tidak bisa bernapas. Aku sangat mencintaimu, Mum dan Dad. Aku minta maaf, Ibu."

Nguyen Dinh Gia yakin putranya, Nguyen Dinh Luong (20) juga termasuk di antara 39 korban.

Kerabat dari salah satu korban, Nguyen Dinh Tu, juga telah menghubungi BBC mengatakan mereka belum mendengar kabar darinya. Ayahnya, Nguyen Dinh Sat, mengatakan putranya berhutang, sehingga memutuskan untuk bepergian ke luar negeri untuk mencari pekerjaan.

Juga muncul pada hari Sabtu: keluarga seorang wanita Vietnam berusia 19 tahun Bui Thi Nhung khawatir, bahwa dia mungkin ada di antara korban yang tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Horor, Kursi Bergerak Sendiri di Tempat Hiburan Malam

Posted: 26 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemandangan horor terlihat dalam video dari CCTV sebuah bar di Sheffield, Inggris. Dalam tayangan singkat itu terlihat sejumlah bangku terjatuh dan bergerak sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Lamaran Citra Kirana dengan Rezky Aditya, Romantis

Posted: 26 Oct 2019 07:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis cantik Citra Kirana akhirnya resmi dilamar oleh Rezky Aditya pada Sabtu (26/10/2019) silam. Momen kebahagiaan lamaran Citra Kirana dan Rezky Aditya diunggah di laman instagram wanita kelahiran Bogor ini Minggu (27/10/2019). 

Dalam laman instagramnya, ia mengungkapkan tidak menyangka akan bertunangan dengan Rezky Aditya. "Memang ga pernah ada yang menyangka akan seperti ini akhirnya..rahasia Allah ga ada yang tau yaa...bismillah kalo niat nya baik semua akan di lancarkan" ujar Citra Kirana pada Minggu (27/10/2019) 

Tak hanya itu, dalam unggahannya ia juga meminta doa pada para pengikutnya untuk agar semuanya berjalan lancar hingga hari pernikahannya. Momen pertunganan ini mengingkatkan Citra Kirana saat pertama ketemu dengan calon suaminya. Citra Kirana juga mengaku ia pernah lost contact Rezky Aditya. 

"Doain semuanya lancar dan sehat2 yaa sampe hari H temen2. jadi inget pertama ketemu lagi sama rezky setelah sekian lama lost contact hihi ceritain jangan??? Hmmmm kalo cerita nya di youtube aku dan rezky gimana? Setuju gak ?" pungkas Citra Kirana di laman instagramnya. 

Dalam momen lamaran tersebut, Citra Kirana dan Rezky tampil serasi dengan baju batik bewarna biru. Momen kebahagiaan ini berlangsung secara sederhana dan penuh khidmat.  Tak lupa, keluarga dan sahabart turut hadir dalam acara ini. Nah, seperti apa momen lamaran Ciki dan Rezky? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen lamaran Citra Kirana dan Rezky Adithya, Minggu (27/10/2019) 

 

1. Citra Kirana tampil anggun dengan balutan kebaya berwarna biru tua penuh dengan payet.

Momen Lamaran Citra Kirana dengan Rezky Aditya (Sumber: Instagram//imagenic/

2. Rezky Aditya ini pun tampil senada dengan Citra Kirana mengenakan batik bernuansa biru

Momen Lamaran Citra Kirana dengan Rezky Aditya (Sumber: Instagram/imagenic/

3. Momen lamaran Citra Kirana dan Rezky Aditya berlangsung sederhana dan penuh khidmat.

Momen Lamaran Citra Kirana dengan Rezky Aditya (Sumber: Instagram/kiranaweddingplanner/

4. Pasangan beda usia 9 tahun ini memamerkan cincin pertunangan mereka. Kebahagiaan pun terpancar dari dua sejoli ini.

Momen Lamaran Citra Kirana dengan Rezky Aditya (Sumber: Instagram/imagenic/

5. Dalam lamaran tersebut, sahabat Citra Kirana Ryana Dea turut hadir memberi dukungan.

Momen Lamaran Citra Kirana dengan Rezky Aditya (Sumber: Instagram/ryana_dea

6. Sang kakak, Erica Putri pun juga turut bahagia dengan pertunangan adiknya dengan Rezky Aditya.

Momen Lamaran Citra Kirana dengan Rezky Aditya (Sumber: Instagram/ericaputri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Banjarmasin dan Tarakan, Audisi LIDA 2020 Digelar di 3 Kota Lain Hari Ini

Posted: 26 Oct 2019 07:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Audisi LIDA 2020 masih terus menyambangi kota-kota di 34 propinsi. Minggu (20/10.2019), tim Indosiar mendatangi Banjarmasin, Kalimatan Selatan dan Tarakan, Kalimantan Utara.

Pekan-pekan sebelumnya, audisi LIDA 2020 Indosiar digelar di provinsi Lampung, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Kalimantan Tengah , Bangka Belitung, Maluku Utara, Bengkulu dan Banten. Liga Dangdut Indonesia 2020, menjaring peserta di 2 propinsi Kalimantan pekan lalu tepatnya di Best Western Kindai untuk Kalimantan Selatan dan Royal Tarakan untuk Kalimantan Utara audisi LIDA 2020 akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Audisi ini dapat diikuti oleh pria atau wanita berusia 14 – 25 tahun yang merupakan penduduk atau berdomisili di provinsi setempat. Selain audisi secara langsung, Indosiar juga membuka audisi secara online secara gratis.

Simak keseruan audisi LIDA 2020 di Banjarmasin dan Tarakan berikut ini.

Audisi LIDA 2020 di Banjarmasin dan Tarakan, Kalimantan, Minggu (20/10/2019)Audisi LIDA 2020 di Banjarmasin dan Tarakan, Kalimantan, Minggu (20/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putra Pramono Anung Disebut Maju Pilkada, PDIP Kediri: Kami Tunggu DPP Saja

Posted: 26 Oct 2019 07:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPC PDIP Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih menunggu keputusan dari DPP terkait calon bupati yang direkomendasikan di Pilkada Kabupaten Kediri 2020. Termasuk anak ​​​​​Pramono Anung, yakni Hanindhito Himawan Pramana yang dikabarkan ikut mendaftar.

"Sekarang belum ada rekomendasi. Kami selaku kader partai di bawah menunggu hasil rekomendasi dari DPP saja," kata Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Kediri Dodi Purwanto di Kediri, Sabtu malam (26/10/2019) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengakui, adanya rumor Hanindhito Himawan ikut Pilkada Kabupaten Kediri 2020. Dari yang dia dengar, pendaftaran dilakukan di pusat. Bahkan, putra Pramono Anung disebut sudah menyiapkan sejumlah alat peraga, yakni berupa kaos yang berisikan tulisan pencalonan.

"Terkait sosialisasi ada kaos itu wajar, namanya konstelasi politik ya wajar. Tapi, ketika rekomendasi dari partai, PDIP yang berangkatkan. Tunggu DPP dulu, jadi tidak berani mendahului," ujar pria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Kediri ini.

Ia menambahkan, saat ini masih proses seleksi untuk calon yang sebelumnya sudah daftar. Sebanyak 12 bakal calon kepala daerah baik bupati maupun wakil bupati sempat dipanggil untuk ikut fit and proper test di Surabaya. DPD PDIP Jatim menyerahkan hasil fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan tersebut ke DPP PDIP.

Dia menuturkan, untuk di DPC Kabupaten Kediri memang hanya sebagai penjaringan dengan adanya batasan waktu pendaftaran. Namun, siapa pun berhak untuk mendaftarkan diri kendati di DPC sudah habis masa pendaftaran yakni dengan ikut daftar di DPD PDIP Jatim maupun langsung ke DPP PDIP.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Sejumlah Nama Mendaftar

Terkait dengan waktu turunnya rekomendasi, Dodi menyebut dari informasi yang diterimanya sekitar akhir Desember 2019 atau awal Januari 2020. PDIP Kabupaten Kediri menyerahkan sepenuhnya terkait dengan sosok yang akan diberi rekomendasi untuk maju lewat PDIP dalam Pilkada Kabupaten Kediri.

"Kami belum tahu, tapi dari informasi yang saat rapat koordinasi, antara akhir Desember 2019 atau awal Januari 2020. Itu sinyalnya," kata dia.

Dodi juga menegaskan, kader partai di daerah juga siap mendukung siapa pun calon yang diberikan rekomendasi oleh DPP PDIP, termasuk jika nantinya benar diberikan pada putra Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramono tersebut.

"Mungkin beliau di Kediri hal yang baru, karena hidupnya di Jakarta. Tapi, orangtua, mbah dari Kediri. Kami juga menunggu, karena Pak Pram masih dalam suasana duka, (ayah) mertua meninggal. Jadi, kami menunggu. Kami petugas partai tunduk," ujar dia.

Sejumlah nama ikut mendaftarkan diri di PDIP Kabupaten Kediri, termasuk Wakil Bupati Kediri Masykuri, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri Mujahid, dan beberapa nama lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Berharap Mahfud Md Perhatikan Kualias Penegak Hukum

Posted: 26 Oct 2019 07:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarief berharap Mahfud Md bisa lebih memperhatikan kualitas penegak hukum di Indonesia. Hal ini dikatakan Laode sekaligus menyambut Mahfud Md sebagai Menko Polhukam.

"Itu yang saya harapkan agar kualitas penegak hukum bisa diperhatikan beliau," ujar Laode saat dikonfirmasi, Minggu (27/10/2019).

Laode mengatakan, sosok Mahfud MD sangat cocok menggantikan Wiranto dalam Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo-Maruf Amin. Sebab, kata Laode, Mahfud paham dengan hukum-hukum di Indonesia.

"KPK mengucapkan selamat kepada Pak Mahfud, kita pikir dia memang cocok untuk jabatan Menko Polhukam karena emang dia paham. Dia pernah menteri pertahanan, dia mengetahui hukum," kata Laode.

Menurut dia, hukum di Indonesia akan lebih mudah terkontrol ketika Mahfud Md menjabat Menko Polhukam. Terlebih hukum yang berkaitan dengan antikorupsi.

Kendati demikian, Syarief menitipkan tiga pesan khusus yang perlu diperhatikan Mahfud. Pertama soal hukum-hukum yang tumpang tindih dan perlu disingkronkan.

Kedua, menurut Laode, penegakan hukum di Indonesia masih dinilai kurang profesional dan mesti dibenahi oleh Mahfud. Terakhir, soal hukum yang berkaitan dengan antikorupsi.

"Jadi ada mungkin tiga yang harus diperhatikan itu," kata Laode Syarif.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: