Senin, 07 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bappenas Gelar Konferensi Pembangunan Berkelanjutan, Ini Isu yang Diangkat

Posted: 07 Oct 2019 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) telah mencapai tahun keempat. Telah banyak indikator SDGs yang dicapai Indonesia, namun tantangan yang dihadapi juga tidak mudah karena tujuan SDGs sangat komprehensif.

Dalam rangka merefleksikan pengalaman dan merumuskan agenda bersama ke depan, Kementerian PPN/Bappenas, didukung para pemangku kepentingan pembangunan berkelanjutan, menyelenggarakan SDGs Annual Conference 2019.

Konferensi tahun ini fokus pada isu ekosistem lautan dengan tema 'Sustainable Ocean for Improving Prosperity and Reducing Inequality'atau 'Laut Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Mengurangi Kesenjangan'.

SDGs Annual Conference 2019 diselenggarakan pada 8-9 Oktober 2019 dan dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang sekaligus menyampaikan berbagai arahan untuk memastikan pencapaian SDGs di Indonesia bagi seluruh pilar partisipasi, yaitu pemerintah, parlemen, filantropi, pelaku usaha, organisasi kemasyarakatan, media massa, serta akademisi dan pakar, untuk tetap menjaga prinsip inklusif dan No One Left Behind dari pelaksanaan SDGs di Indonesia.

"SDGs Annual Conference 2019 merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya, setelah kita melaksanakannya pertama kali pada 2018 lalu. Konferensi ini bertujuan untuk memberikan masukan kepada para perumus kebijakan dalam melaksanakan program pembangunan dengan lebih baik untuk mencapai target SDGs di 2030," jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro sekaligus Koordinator Tim Nasional Pelaksanaan Pencapaian SDGs, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

 

Isu Utama

Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro memberikan keterangan terkait rencana pemindahan ibu kota negara di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Pemerintahan Presiden Jokowi kembali membuka wacana pemindahan ibu kota negara karena kondisi lingkungan Jakarta yang semakin menurun. (merdeka.com/Imam Buhori)

Konferensi juga akan membahas isu-isu tentang pelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem lautan dan lessons learned pelaksanaan SDGs di tingkat regional Asia Pasifik, mendorong pelaksanaan SDGs sebagai gerakan tingkat lokal, serta mempercepat pencapaian SDGs berdasarkan hasil riset dan inovasi.

"Meingkatkan keterlibatan sektor bisnis, filantropi, organisasi non-pemerintah, dan generasi muda termasuk para santri dalam pelaksanaan SDGs di Indonesia, serta inovasi pembiayaan untuk SDGs," lanjut Bambang.

Pemerintah Indonesia telah berupaya keras mewujudkan komitmen pelaksanaan pencapaian SDGs sebagai bagian dari upaya mencapai tujuan pembangunan nasional, yang sekaligus mendukung pencapaian tujuan pembangunan global. Pelaksanaan pencapaian SDGs sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 dilakukan dengan memegang teguh prinsip No One Left Behind dan inclusiveness dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, melalui empat platform partisipasi.

Kementerian PPN/Bappenas juga telah membangun koordinasi pelaksanaan SDGs dan berkontribusi aktif baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional, dengan melibatkan unsur pemerintah dan non-pemerintah. Selain itu, juga memastikan pengarusutamaan SDGs ke dokumen perencanaan, seperti RKP 2018, RKP 2019, dan RPJMN 2020-2024 serta menyusun Rencana Aksi Nasional TPB/SDGs yang telah diluncurkan tahun lalu.

 

Pembiayaan

Menteri Negara PPN/Ka Bappenas Bambang Brodjonegoro saat menjadi pembicara di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (13/5/2019). Diskusi ini membahas tema

Kementerian PPN/Bappenas juga melakukan pemantapan pembiayaan SDGs dengan menjadi SDGs financing hub dan menjalin kerjasama strategis dengan berbagai institusi untuk memobilisasi dan memfasilitasi penyaluran sumber-sumber pembiayaan inovatif kepada kegiatan SDGs.

Memasuki tahun keempat pelaksanaan SDGs di Indonesia, kata Bambang, pihaknya menyadari masih banyak tugas serta rencana kerja yang harus dilakukan secara kolaboratif seluruh pemangku kepentingan hingga 2030. Pengarusutamaan SDGs ke dalam dokumen perencanaan di tingkat pusat dan daerah harus terus dilakukan secara masif dan sistemik.

"SDGs tidak akan dapat tercapai hanya oleh upaya pemerintah saja, namun perlu keterlibatan seluruh pihak dan didukung oleh gerakan masyarakat menuju SDGs. Selain itu, inovasi pembiayaan dan mobilisasi sumber pembiayaan baru non-pemerintah akan menjadi salah satu faktor penting untuk kesuksesan pencapaian SDGs di Indonesia," tegas dia.

Hingga kini, 24 provinsi telah menetapkan Rencana Aksi Daerah dengan Peraturan Gubernur, serta telah terbentuk 11 SDGs Center di universitas, yaitu: Universitas Padjajaran, Universitas Jember, Universitas Bengkulu, Universitas Mataram, IPB, ITB, Universitas Hasanuddin, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Riau, dan Universitas Andalas.

 

Kerja Sama Internasional

Menteri PPN / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memberikan sambutan pada acara Pemberian Sertifikat dari UNESCO Global Geopark di Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Kamis (12/07). (Liputan6.com/HO/Bappenas)

Indonesia pun secara aktif terlibat dalam forum kerja sama internasional terkait SDGs, serta memperoleh pengakuan dan apresiasi terhadap proses pelaksanaan SDGs di Indonesia pada High Level Political Forum yang dilaksanakan ECOSOC, yang dituangkan dalam laporan Indonesia's Voluntary National Review 2019.

Dalam acara tahunan yang dihadiri paling tidak 1.500 peserta ini, diluncurkan pula Roadmap SDGs Menuju 2030. Peta jalan ini menjadi salah satu dokumen SDGs paling penting, memproyeksikan pencapaian SDGs pada 60 indikator terpilih dari 17 Tujuan. Roadmap SDGs menjadi salah satu rujukan berbagai dokumen perencanaan pembangunan nasional dan daerah hingga 2030.

Harapan dari konferensi ini adalah agar semua pihak berkomitmen, bersinergi, bergotong royong, bekerja keras dan maju bersama dalam pembangunan ekosistem lautan dalam konteks pelaksanaan SDGs dalam rangka menghantarkan bangsa sejahtera, maju, berkelanjutan dan bermartabat di dunia.

"Hasil konferensi tahunan ini diharapkan bisa memberikan masukan bagi percepatan pelaksanaan pencapaian target SDGs dalam agenda pembangunan nasional dan daerah, serta meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs di Indonesia. Kami akan menyelenggarakan konferensi ini setiap tahunnya sebagai ajang bagi seluruh platform partisipasi serta masyarakat agar bersama-sama saling berbagi pengetahuan, pembelajaran, dan menghasilkan solusi bersama untuk pembangunan berkelanjutan di negeri kita tercinta sehingga tidak ada satu pun yang tertinggal," tandas Bambang.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekan Kebudayaan Nasional 2019 di Jakarta Ramah Disabilitas dan Inklusif

Posted: 07 Oct 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud pada 7 hingga 13 Oktober 2019 di Istora Senayan akan ramah disabilitas dan inklusif.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Sri Hartini mengatakan, mereka menyiapkan fasilitas untuk disabilitas mental dan neuro disabilitas.

"Kegiatan ini menjadi ruang tanpa batas usia, profesi, suku, pilihan politik, atau pun agama. Ini adalah ruang inklusif," ujar Sri, seperti dilansir Antara, Selasa (8/10/2019).

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan peluncuran Pekan Kebudayaan Nasional dengan acara antara lain, ekshibisi atau pameran permainan tradisional dan juga pawai budaya.

Menurut Sri, di PKN ada lima kegiatan utama, yaitu kompetisi permainan rakyat, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa, dan pawai budaya yang berlangsung di Istora Senayan.

"Selain menggelar pameran dan kompetisi permainan tradisional, Pekan Kebudayaan Nasional 2019 juga akan menyuguhkan beragam pertunjukkan seru, mulai dari ekshibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa, hingga konferensi pemajuan kebudayaan," kata Sri.

Hadir pula sederet pegiat seni dan artis Tanah Air setiap hari, beberapa di antaranya Rahayu Supanggah, Ki Manteb, Didi Kempot, Barasuara, Navicula, hingga Ras Muhamad, dan Maliq and D'Essentials.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Addie MS Genap berusia 60 Tahun, Ini 7 Potret Mesranya dengan Sang Istri

Posted: 07 Oct 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Maestro Tanah Air Addie MS genap berusia 60 tahun pada Senin (7/10/2019) kemarin. Sang istri, Memes dan anaknya juga merayakan ulang tahun Addie MS secara sederhana. Hal ini terlihat dari foto yang diunggah oleh akun Instagram @memes605.

Dalam foto yang diunggah oleh pelantun Pesawatku ini memperlihatkn kue dengan lilin angka 60 di atasnya. Tak lupa juga Memes menambahkan keterangan ucapan ulang tahun yang cukup romantis bagi sang suami.

"Selamat hari Ulang tahun utk suamiku tercinta mas @addiems suamiku yg humble, pekerja keras, yg egaliter, autodidak, persistance, perfeksionis, yg nasionalis, yg sll dikll para stalker y die hard" tulis Memes pada keterangan fotonya.

Tentu saja ucapan ulang tahun dari Memes langsung dibanjiri komentar netizen. Tak sedikit pula netizen yang turut serta mengucapkan selamat ulang tahun bagi Addie MS serta mendoakan keharmonisan keluarga selebriti tersebut.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @memes605, Selasa (8/10/2019) berikut ini beberapa potret mesra Addie MS dan Memes di berbagai kesempatan.

1. Memes dan putra bungsunya Tristan Juliano memberikan kejutan kecil di hari ulang tahun Addie MS.

Addie MS dan Memes (Sumber: Instagram/memes605)

2. Addie MS dan juga Memes selalu saling mendukung pada pekerjaan masing-masing.

Addie MS dan Memes (Sumber: Instagram/memes605)

3. Meski disibukkan dengan berbagai kegiatan, keduanya juga menyempatkan diri untuk berlibur.

Addie MS dan Memes (Sumber: Instagram/memes605)

4. Pasangan yang menikah pada 13 September 1987 ini juga sering memperlihatkan kemesraannya di depan publik.

Addie MS dan Memes (Sumber: Instagram/memes605)

5. Doa dan harapan Memes terhadap sang suami yang tengah berulang tahun pun ditulis pada akun Instagram pribadinya.

Addie MS dan Memes (Sumber: Instagram/memes605)

6. Memes juga berharap jika sang suami bisa semakin pandai dalam membagi waktu untuk keluarga dan juga berkarya di industri musik Indonesia.

Addie MS dan Memes (Sumber: Instagram/memes605)

7. Selamat ulang tahun untuk Addie MS!

Addie MS dan Memes (Sumber: Instagram/memes605)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Natuna Ajukan Diri Jadi UNESCO Global Geopark

Posted: 07 Oct 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses menyandang status sebagai Geopark Nasional pada 2018, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau kini siap mengajukan diri menjadi UNESCO Global Geopark di 2020 mendatang. Setidaknya salah satu pulau terluar Indonesia ini akan menetapkan delapan situs utama.

"Jadi kita sudah siapkan tempat-tempat yang akan kita kembangkan itu, Ada 8 tempat yang akan dijadikan global geopark. Sekarang kita sedang membenahi melalui dinas pariwisata didukung dana APBD supaya lebih cepat," kata Bupati Natuna, Hamid Rizal kepada merdeka.com, saat ditemui di Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (8/10/2019).

Dari sisi kesiapan sendiri, Hamid mengatakan pihaknya kini tengah menggencarkan pembangunanan infrastruktur seperti jalan penghubung untuk beberapa lokasi. Tak hanya itu, sosialisa juga terus didorong kepada masyarakat untuk menjaga dan mengembangkan beberapa situs utama akan menjadi geopark dunia.

"Karena itu kan diperlukan dalam geopark itu. Melalui sosialisasi dan siapkan infrastruktur," imbuhnya.

Dalam prosesnya Hamid mengklaim juga sudah tidak ada kendala lagi. Bahkan dirinya optimis pengajuan Kabupaten Natuna untuk menjadi geopark global akan segera terwujud di 2020.

Dia pun meyakini dengan status geopark global akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di wilayah Kepulauan Natuna. Sejauh ini, pertumbuhan ekonomi di wilayahnya baru sekitar 5,8 persen per tahun. Dengan status tersebut diharapkan bisa tumbuh di atas 6 persen.

"Kita mengharapkan pertumbuhan ekonomi itu lebih dari pada 6 persen sekarang 5,8 kemarin kan sempat mencapai 6 persen seperti 2017. Kami mengharapkan 6 persen ke atas pertumbuhan dengan adanya geopark dunia nanti," sebutnya.

 

Syarat

Rumah panggung apung di Kampung Segeram, Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Sebelumnya, dikutip dari liputan6.com, Wakil Bupati Kabupaten Natuna Ngesti Yuni Suprapti menuturkan, terdapat sederet syarat demi jadi UNESCO Global Geopark. Salah satunya pengeluaran surat keputusan tentang situs mana saja yang diajukan.

"Lalu, soal pengelolaan, pembenahan sarana. Yang terpenting, hasil survei administrasi harus jadi catatan utama," katanya dalam kunjungan ke Kampung Segeram, Kabupaten Natuna, di sela rangkaian kegiatan Bakti Nusantara 2019, Rabu, 25 September 2019.

Perempuan kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, itu menegaskan bahwa semua komponen harus terdokumentasi. Beberapa syarat lain yang harus ada adalah petunjuk arah ke geo site dan pengadaan landmark.

Herdiansyah menuturkan, pihaknya baru akan bertemu dengan tim peneliti dari Universitas Padjajaran, Bandung, pada 7 Oktober 2019 demi membahas tepatnya situs mana saja yang akan diajukan jadi UNESCO Global Geopark.

Sebagai Geopark Nasional, Kabupaten Natuna telah memiliki sembilan situs utama, yakni Senubing, Taman Batu Alif, Pantai Bamak, Tanjung Datuk, Batu Kasah, Pulau Akar, Pulau Setanai, Gunung Ranai, dan Pulau Senua.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Ini Bikin Jembatan dari Bahan Tak Terduga, Unik Banget

Posted: 07 Oct 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini banyak sekali jembatan mulai dari jembatan penyeberangan mobil, kereta api, kapal dan masih banyak lagi. Keberadaan suatu jembatan berfungsi menghubungkan orang dari satu tempat ke tempat lain saja. Pada umumnya, jembatan dibuat dari kayu, besi, atau beton.

Hal ini agar jembatan tersebut mampu menopang beban yang berat dan tetap kokoh. Tapi di Inggris ada sebuah jembatan yang terbuat dari kertas. Bisa membayangkan bagaimana jembatan yang terbuat dari kertas ini?

Layaknya sebuah sulap, seorang seniman Inggris membuat jembatan dari puluhan ribu kertas. Seniman tersebut bernama Steve Messam, yang membuat jembatan di sungai di pedesaan Lake District National Park of Cumbria, di Inggris.

Diketahui Steve Messam membuat jembatan yang diberi nama Paper Bridge ini menggunakan 22 ribu lembar kertas, seperti yang Liputan6.com lansir dari Dezeen, Selasa (8/10/2019). Meskipun jembatan ini hanya terbuat dari kertas, jembatan ini sama kokohnya dengan jembatan-jembatan pada umumnya yang terbuat dari kayu ataupun besi.

Jembatan Unik dari Kertas

jembatan dari puluhan ribu kertas (sumber: dezeen)

Dalam kondisi basah pun jembatan ini diklaim masih tetap kuat. Messam tidak menggunakan lem maupun tulangan baja untuk membangun jembatan ini. Ia benar-benar memakai kertas dengan metode kompresi. Uniknya, jembatan ini juga bisa dilewati manusia tanpa runtuh.

Jembatan ini dibuat menggunakan prinsip-prinsip dasar yang sama dari rekayasa, yang telah digunakan untuk membangun footbridges selama ribuan tahun. Jembatan ini dibangun dari serangkaian kertas yang disusun menjadi balok yang masing-masing berisi 1.000 lembar.

Jembatan ini tidak hanya tahan cuaca, bahkan akan semakin kuat ketika terkena air. Hal ini dikarena kertas yang menyerap air justru bisa membuat semakin erat. Paper Bridge adalah proyek sementara yang ditugaskan oleh organisasi pariwisata Lake distrik, Inggris. Setelah 10 hari, jembatan ini akan dibongkar dan kertas kembali di daur ulang. Sementara itu, batu-batu yang digunakan akan disebar di sekitar area tanpa meninggalkan jejak keberadaan jembatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setahun A Star Is Born, Lady Gaga Ubah Warna Rambut Jadi Pink Menyala

Posted: 07 Oct 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Eksperimen gaya selalu lekat pada diri Lady Gaga. Bintang A Star Is Born itu baru-baru ini memamerkan warna rambut terbarunya yang menjadi pink menyala. 

Ia mengunggah penampilan nyentriknya lewat akun Instagramnya @ladygaga pada Minggu, 6 Oktober 2019. Ia berpose di depan rak berisi piala Grammby sambil memegang pigura penghargaan atas lagu yang menjadi original soundtrack film berjudul sama. Sementara, album yang berisi lagu tersebut pada tahun lalu terjual hingga enam juta kopi di Amerika Serikat.

Lady Gaga terlihat segar dengan penampilan barunya. Hal itu berkat tangan seorang penata rambut ternama dari Haus Laboratories, yaitu Frederic Aspiras.

Ia juga mengenakan gaun dengan bahu terbuka dan sarung tangan motif houndstooth berwarna hitam pink yang serasi dengan warna rambutnya. Selain itu, ia juga mengenakan anting chandelier dan kalung berlian, serta cincin berbentuk bunga mawar di jari manisnya.

Dalam unggahan instagram terakhirnya di @ladygaga, ia menjelaskan bahwa make up glamournya di rias oleh Sarah Nicole Tanno, seorang make up artisnya di Haus Laboratories. Ia mengenakan kosmetik dari Haus Laboratories juga, dengan lipstik Glam Attack tipe Rose Bitch dan Aphrodite yang dipulaskan penuh ke bibirnya. Sementara untuk riasan mata, Lady Gaga menggunakan eyeliner tipe Chained Ballerina.

Lagu Bersejarah

Lady Gaga dengan Pose di depan rak sambil memegang plakat penghargaan penjualan lagunya (dok Instagram @ladygaga/https://www.instagram.com/p/B3Pn43iFsm0/Ossid Duha Jussas Salma)

"Setahun yang lalu, A Star is Born, dan kita di sini sudah enam kali platinum," tulis Lady Gaga dalam foto yang diunggahnya di Instagram.

Dilansir dari InStyle pada Sabtu, 5 Oktober 2019, single utama dari album film 'Shallow' itu menduduki puncak tangga lagu dan menjadi lagu yang paling dipuji sepanjang masa.

Bukan hanya terjual sangat banyak, A Star is Born ini juga pernah menduduki penghargaan di Oscar dan Golden Globe Award tahun ini untuk kategori lagi asli terbaik, dan juga pada penghargaan BAFTA Award dalam kategori musik film terbaik dan pada Critics Choise Movie Award dalam kategori lagu terbaik.

Selain itu, lagu yang ditulis bersama dengan Andrew Wyat, Anthony Rossomando, dan Mark Ronson ini juga pernah mencetak empat nominasi Grammy Award dan memenangkan dua di antaranya. Satu untuk kategori penampilan duo/grup pop terbaik, dan satu lagi untuk lagu terbaik yang ditulis untuk film,. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Sportscar Esemka Hasil Desain Orang Indonesia

Posted: 07 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Esemka kembali mencuat saat pabriknya diresmikan oleh Presiden Jokowi. Sesaat setelah peluncurannya, pikap  Esemka Bima ramai disebut-sebut meniru desain mobil pabrikan Cina.

Rupanya kini Esemka tengah berusaha menghilangkan image 'jiplak-menjiplak' itu lewat projek terbaru mereka. Esemka berencana membuat mobil sport dengan melibatkan desainer nasional.

Project Sport Car itu direncanakan akan meluncur beberapa tahun lagi. Rencana besar itu juga dibuat untuk membuat Esemka bisa bersaing dengan produk otomotif dunia.

Lewat akun Instagram resminya @esemka_official, pabrikan yang berada di Boyolali, Jawa Tengah itu pamer sketsa mobil sport yang didesain oleh @ganeshagegen. Menariknya, pada keterangan gambar yang diunggah itu, Esemka menjelaskan bahwa konsep desainer lokal itu bisa mematahkan anggapan soal desain yang terkesan menjiplak.

 

Terbuka untuk Umum

Konsep desainer lokal ini bakal menepis semua anggapan masyarakat mengenai desain esemka yang terkesan menduplikat produk yang sebelumnya telah ada, begitu tertulis.

Lebih lanjut, rupanya Esemka secara terbuka menerima siapapun untuk mengirimkan desain mobil sport terkait projek baru ini. Pengiriman desain itu akan ditutup pada 1 Januari 2020.

"Anda juga bisa mengirimkan konsep anda baik itu komputerisasi atau handmade melalui direct message atau email yang tertera. Contest ditutup 1 Januari 2020. Nama pemenang contest akan menjadi second name produk," begitu dijelaskan.

Sumber: Otosia.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Babak Baru Kasus Rebutan Kursi DPR Mulan Jameela

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Polemik penunjukan legislator Garut, Jawa Barat, Mulan Jemeela sebagai anggota DPR-RI Fraksi Gerindra, terus melebar.

Terbaru, Fahrul Rozi, mantan caleg Gerindra sekaligus kompetitor Mulan di dapil XI Garut-Tasikmalaya, menggugat hakim Pengadilan Negeri (PN) Jaksel, yang menerima gugatan Mulan Jameela, ke Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA) dan Komisi Yudisial (KY).

"Gugatannya sudah masuk," ujar dia, Selasa (8/10/2019).

Menurut Fahrul, gugatan yang dilayangkan dirinya, merupakan buntut dari penunjukan istri Ahmad Dhani itu sebagai anggota DPR-RI. Dalam dalilnya, ia menilai hakim pengadilan telah melebihi kewenangan.

"Gugatannya sudah masuk 25 September lalu, tinggal menunggu sidangnya," kata dia.

Sengketa pemilu, ujar dia, seharusnya diselesaikan melalui ranah Mahkamah Konstitusi (MK) bukan melalui Pengadilan Negeri.

"Hakim pasti tahu dan mempelajari UU Pemilu, tetapi kenapa memaksakan sidang itu di Pengadilan," ujarnya.

Selain itu, hakim tidak memanggil seluruh pihak yang bersengketa, sehingga mengaburkan fakta yang terjadi. "Itu tak dilakukan oleh hakim," kata dia.

Dengan sejumlah bukti tersebut, ia meminta Badan Pengawas MA dan KY segera menyelidiki putusan hakim tersebut. "Dua kesalahan itu sudah cukup jelas bahwa hakim melakukan kesalahan," ungkap dia.

Akibat putusan itu, ia bersama Ervin Luthfi, caleg pemilik suara terbesar ketiga Gerindra di dapil XI, yang lebih berhak melenggang ke Senayan, akhirnya terpental. "Selain saya, ada 39 orang lainnya juga menggugat hakim ini," ujar dia.

Polemik Mulan Jameela bermula saat DPP Gerindra memberhentikan secara sepihak Ervin Luthfi dan Fahrur Rozi, dua caleg Gerindra yang berada di atas raihan suara Mulan. Sontak akibat putusan itu, keduanya pun meradang.

Muhammad Husein dan Sobarna, dua pendulang suara tertinggi di dapil XI secara otomatis lolos ke Senayan. Namun Mulan Jameela yang hanya meraih 24.192 di posisi ke lima, justru mendampingi Husein dan Subarna, melangkahi Ervin Luthfi yang mendapatkan suara 33.938 suara di posisi tiga.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Netizen Heboh, Danilla dan Bude Sumiyati Kolaborasi di Satu Panggung

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Synchronize Fest menjadi salah satu acara musik besar yang dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 6 Oktober 2019 lalu. Konser musik itu mengungdang lebih dari seratus musisi tanah air dari berbagai era.

Salah satu kejadian unik terjadi ketika Danilla tampil di panggung Synchronize Fest 2019 pada hari Minggu (6/10/2019). Kala itu panggung Synchronize Fest yang sedang dikuasai oleh Danilla kedatangan bintang tamu yang menggemparkan penonton. Bintang tamu tersebut tak lain adalah Bude Sumiyati, seorang wanita paruh baya yang terkenal di media sosial.

Bude Sumiyati

twitter @budesumiyati

Bude Sumiyati adalah seorang public figure di media sosial yang terkenal karena kelucuannya. Ia memiliki akun instagram dan twitter dengan nama @budesumiyati.

Pada akun media sosialnya, terlihat Bude sering mengunggah foto dirinya dengan kata-kata bijak. Saat ini Bude telah memiliki lebih dari 390 ribu pengikut di twitter.

Penampilan Danilla dan Bude

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by FOLKATIVE™ (@folkative) on

Ketika Bude Sumiyati tampil bersama Danilla, terlihat keserasian antara keduanya yang menghibur penonton Synchronize Fest 2019 pada Minggu malam. Dalam video yang diunggah oleh akun isntagram @folkative, terlihat Danilla melantunkan lagu andalannya yang berjudul 'Berdistraksi' sembari Bude menari mengikuti irama lagu.

Komentar Netizen

instagram: budesumiyati

"Sedikit berdistraksi, banyak olengnya" tulis Bude Sumiyati dalam akun instagram @budesumiyati pada Senin (7/10/2019).

Unggahan Bude berisi foto bersama Danilla dibanjiri komentar oleh Warganet.

"Danila kalah cantik sama bude" - @nurulhudasanjaya

"mantap bude👍🏻" - @zulhijriachi

"Bude sudah mulai beraliran indie skrg 🔥" - @atenkbete_

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Turunkan Angka Kemiskinan, Lebih Jago Jokowi atau SBY?

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Jusuf Kalla (JK) memasuki masa akhir pemerintahannya. Per tanggal 20 nanti, giliran Jokowi-Ma'ruf Amin yang akan memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Pengamat Ekonomi dari Economic Action Indonesia (EconAct) Ronny P Sasmita berpendapat, berbicara mengenai kinerja pemerintahan Jokowi-JK selama lima tahun terakhir, tentunya banyak hal yang patut diapresiasi. Khususnya mengenai usahanya dalam menurunkan angka kemiskinan.

"Data BPS, selama empat tahun pemerintahan berjalan, Jokowi berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 1,14 persen atau rata-rata 0,28 persen per tahun," kata Ronny kepada Liputan6.com, Selasa (8/10/2019).

Hanya saja, dia menggaris bawahi, jika dibandingkan dengan penurunan angka kemiskinan saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), angka tersebut masih kalah jauh.

Dijelaskannya, jika membandingkan indikator kemiskinan dalam dua rezim, pemerintahan SBY periode I mampu menurunkan kemiskinan sebesar 2,51 persen dari 16,66 persen pada 2004 menjadi 14,15 persen pada akhir 2009.

Selanjutnya, pada periode kedua, pemerintahan SBY menorehkan hasil lebih baik dengan menurunkan 3,19 persen angka kemiskinan dari 14,15 persen menjadi 10,96 persen. Rata-rata penurunannya per tahun 0,57 persen.

"Dalam kacamata pukul rata, tentu terlihat jelas bahwa SBY jauh lebih mumpuni ketimbang Jokowi dalam hal penurunan angka kemiskinan," tegas dia.

"Logika serupa berlaku untuk angka IPM, yang sebenarnya berjalan sebagaimana trend semestinya, tak ada loncatan. Terkecuali mungkin angka elektrifikasi yang cukup baik, karena memang terpapar proyek-proyek infrastruktur," pungkas dia.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Menko Puan: Kenaikan Iuran BPJS Tak Pengaruhi Angka Kemiskinan

Seorang gadis muda membaca buku sambil duduk di rel kereta api di New Delhi, India, Selasa (16/10). Sekitar 800 juta warga India hidup dalam kemiskinan. (AP Photo/Altaf Qadri)

Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan mulai 2020 mendatang. Kenaikan ini mencapai hampir 100 persen untuk semua kelas.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani memastikan kenaikan ini tak akan berdampak pada peningkatan angka kemiskinan. Puan mengatakan, kendati iuran BPJS dinaikkan, Penerima Bantuan Iuran (PBI) ditanggung pemerintah.

"Lho untuk PBI, rakyat yang ditanggung oleh negara itu tetap kita tanggung. Jadi ada 96,8 (juta) plus yang lain-lain, hampir 120 juta orang rakyat miskin masih ditanggung oleh negara," jelasnya di Gedung Lemhanas RI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2019).

Puan mengatakan yang harus menambah bayaran iuran BPJS Kesehatan ini adalah peserta mandiri. Peserta mandiri pun bisa memilih kelas sesuai kemampuan mulai dari kelas I, kelas II, sampai kelas III.

"Tapi untuk PBI rakyat Indonesia itu negara tetap hadir, negara tidak kemudian tidak membayar iuran peserta PBI," ujarnya.

Tak Ada Penolakan

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menunjukkan surat suara sebelum menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 di TPS 62, Kebagusan, Jakarta, Rabu (17/4). Puan mencoblos bersama keluarganya, termasuk Megawati Soekarnoputri dan adiknya, Prananda Prabowo. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Puan mengatakan, DPR tak ada penolakan atas kenaikan ini. Dalam rapat kerja dengan DPR, Puan mengatakan DPR hanya meminta agar segera dilakukan evaluasi dan penguatan terkait hal-hal yang perlu dibenahi dalam BPJS, termasuk perbaikan pelayanan kesehatan.

"Kenaikan ini akan berlaku 1 Januari 2020. Jadi belum sekarang.Sekarang ditandatangani, (bukan berarti) sekarang juga naik. Jadi masih ada waktu untuk membenahi dan memperbaiki hal-hal yang perlu dilakukan," kata Puan.

Menurutnya telah lima tahun belum ada penyesuaian iuran BPJS. Sesuai UU, jika diperlukan bisa dilakukan penyesuaian setiap dua tahun. Terkait persetujuan presiden, Puan mengatakan tengah menunggu Perpres ditandatangani.

"Ini sudah lima tahun tidak dilakukan. Tentu saja penyesuaian ini tidak kita lakukan serta merta begitu saja. Ada saja komitmen-komitmen tertentu yang sudah dibicarakan untuk kita lakukan perbaikan-perbaikan secara menyeluruh," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Masalah Kejiwaan, Penembak di Aurora Tak Terbukti Terinspirasi Joker

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada 20 Juli 2012 petang, James Holmes keluar dari sebuah bioskop di Aurora, Colorado, Amerika Serikat, yang kala itu memutar film The Dark Knight Rises di malam hari. Tiba-tiba ia masuk dengan senjata dan menembaki tempat itu. Kejadian yang dikenang sebagai penembakan Aurora itu terangkat lagi ketika film solo Joker dirilis.

Film Joker yang disutradarai oleh Todd Phillips dan diperankan oleh Joaquin Phoenix tersebut membuat banyak orang was-was akan kemungkinan aksi kekerasan serupa 2012 silam terulang. Apalagi, kali ini musuh Batman itu diposisikan sebagai seorang protagonis.

Ketakutan tersebut tidak lepas dari sebuah rumor yang mengatakan bahwa terdakwa Holmes memiliki masalah mental serta mengklaim dirinya sebagai Joker saat kejadian tersebut. Namun, kabar tersebut menimbulkan pertanyaan, benarkah itu?

Dikutip dari Screen Rant pada Selasa (8/10/2019), George Brauchler, jaksa penuntut dalam sidang penembakan Aurora mengatakan bahwa rumor tersebut tidaklah benar.

"Itu tidak benar. Jika itu adalah The Avengers, dia pasti ada di sana. Jika itu adalah Jurassic World, dia pasti ada di sana. Itu tidak ada hubungannya dengan apa pun yang terkait dengan Batman," kata Brauchler.

"Dia memilih film itu hanya karena dijamin penuh."

Psikiater Ungkap Pelaku Tak Terinspirasi Joker

Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di Batman: The Dark Knight (Wikipedia/Fair Use)

Meski pada saat itu, juga terungkap bahwa Holmes memiliki masalah kesehatan mental yang sudah ada sejak masa kanak-kanak, psikiater William Reid, yang menanganinya tidak menemukan bukti bahwa pria yang saat ini berusia 31 itu terinspirasi dari tokoh Joker.

Selain itu, dikutip dari CPR News Reid dan psikiater lainnya, Jeffrey L Metzner menyatakan bahwa meski memiliki masalah skizoafektif dan skizotipal saat melakukan penembakan, Holmes juga tahu bahwa aksi tersebut ilegal dan salah secara moral.

Reid mengatakan bahwa warna rambutnya yang merah dan dianggap sebagai salah satu bentuk kekaguman pria itu terhadap tokoh badut jahat tersebut, tidak terinspirasi sama sekali darinya.

"Dia mengatakan bahwa pertama kali mendengar tentang Joker adalah dari seseorang di sel lain," kata Reid dikutip dari Vanity Fair.

Reid menambahkan bahwa pemeriksaan di rumahnya tidak menemukan benda apa pun yang terkait dengan karakter komik. Hanya ada satu topeng Batman yang ditemukan.

"Dia mendengar panggilan berkali-kali, 'hei Anda Joker' atau semacamnya."

Ketakutan Keluarga Korban

Film Joker yang rilis 2019. (DC Films/Warner Bros. Pictures)

Namun, rumor tersebut kelihatannya tetap menjadi ketakutan tersendiri. Khususnya bagi mereka yang terdampak kejadian yang menewaskan 12 jiwa dan melukai puluhan korban itu.

"Kekhawatiran saya adalah bahwa satu orang yang mungkin ada di luar sana, dan siapa yang tahu itu cuma satu, yang berada ujung tanduk dan ingin menjadi penembak massal, bisa didorong oleh film ini. Itu menakutkan saya," kata Sandy Phillips, seorang ibu yang putrinya, Jessica Ghawi, meninggal dalam insiden itu dikutip dari Hollywood Reporter.

Warner Bros sebagai studio yang merilis film itu menyatakan bahwa mereka juga tidak mendukung aksi kekerasan tersebut. Mereka malah menyatakan bahwa dengan penuturan seperti di film Joker-lah, percakapan seputar isu-isu yang sulit seperti peredaran senjata, bisa dipancing.

"Tujuan dari film, pembuatnya, atau studio bukanlah mengangkatnya sebagai seorang pahlawan," jelas studio yang menaungi karakter-karakter DC tersebut.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Keamanan, Instagram Rilis Fitur Email

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Instagram pada hari ini meluncurkan fitur keamanan baru bernama Email dari Instagram. Fitur baru ini bertujuan membantu mencegah upaya hacking (peretasan akun) dan phishing (penipuan).

Dikutip dari keterangan resmi Instagram, Selasa (8/10/2019), Email dari Instagram membantu pengguna memastikan mengenai keaslian email yang mereka terima, apakah resmi dari tim Instagram atau tidak.

"Hacking dan phishing adalah perilaku yang sudah ada sejak lama. Namun, sekarang ini para pelaku kejahatan semakin pintar dalam membuat email palsu yang mengatasnamakan Instagram. Sehingga, banyak pengguna yang tertipu karena semakin sulit membedakan email yang resmi dari Instagram dan email palsu," jelas juru bicara Instagram.

Fitur baru ini bisa diakses langsung dari dalam layanan Instagram, baik di perangkat mobile maupun desktop.

Langkah Mengakses Email dari Instagram

Fitur Email dari Instagram (Foto: Ist)

Instagram memberikan langkah sederhana untuk mengakses fitur baru tersebut. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan pengguna untuk memastikan validasi email dari Instagram:

- Aplikasi Instagram: Tekan simbol tiga titik, pilih Pengaturan, tekan Keamanan, dan pilih Email dari Instagram.

- Mobile web: Tekan simbol tiga titik, tekan Opsi, dan pilih Email dari Instagram.

- Desktop: Tekan simbol tiga titik, pilih Pengaturan, lalu tekan Email dari Instagram.

Setelah menemukan fitur Email dari Instagram, pengguna akan melihat dua buah tab, antara lain:

1. Tab Keamanan, yang berisi daftar email resmi yang dikirim oleh Instagram terkait keamanan akun dan aktivitas login dalam 14 hari terakhir.

2. Tab Lainnya, berisi daftar email lainnya diluar soal keamanan akun yang dikirim oleh Instagram dalam 14 hari terakhir.

Terlepas dari kehadiran fitur keamanan ini, Instagram mengimbau para pengguna untuk lebih berhati-hati sebelum mengklik tautan yang dikirim oleh email mengatasnamakan Instagram.

Namun, apabila secara tidak sengaja meng-klik tautan mencurigakan, dan akun diretas, pengguna bisa langsung menghubungi pihak Instagram untuk mengambil alih kembali.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Lalu Barcelona Bagi-Bagi Bonus Sebesar Rp1,4 Triliun

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Musim 2918/19 bukanlah era yang menggembirakan bagi Barcelona. Sebab sepanjang tahun itu perjalanan tim asal Catalunya itu malah boleh dikatakan stagnan atau jalan di tempat.

Harapan untuk meraih treble winner bertantakan setelah Lionel Messi dan kawan-kawan babak belur di Liga Champions dan Copa del Rey. Beruntung Barcelona masih mampu mempertahankan gelar La Liga dan membawa pulang Supercopa de Espana ke Camp Nou. 

Meski demikian, manajemen Barcelona tetap mengapreseasi kerja keras pasukan dan seluruh staf pendukungnya. Sebab seperti dilansir AS, manajemen tetap mengeluarkan bonus untuk dua trofi itu dengan total yang fantastis, yakni 92 juta euro atau Rp1,4 Triliun.

Ini tentu saja menjadi kabar baik bagi pemain dan pelatih. Namun bagi manajemen Blaugrana, hal itu semakin menambah beban keuangan yang harus ditanggung manajemen. 

Bila ditotal, musim lalu Barcelona menghabiskan 525 juta euro untuk gaji pemain dan pelatih. Dari angka ini, pemain mendapat porsi terbesar yakni 417 juta euro.   

 

 

Kencangkan Ikat Pinggang

Para pemain Barcelona dan jajaran staf pelatih melakukan pawai juara La Liga 2015-2016, di sepanjang jalan kota Barcelona (15/5/2016). Tugas Lionel Messi dkk tinggal satu lagi lagi, yakni meraih trofi juara Copa del Rey 2015-2016. Pada partai final, merek

Selama ini, biaya untuk gaji menjadi masalah utama bagi Barcelona dan anggaran yang disetujui oleh dewan direksi, Minggu lalu, telah mencakup pengurangan di sektor ini. 

Musim lalu, total pengeluaran Barcelona yang mencakup gaji dan cicilan aset mencapai angka 671 juta euro. Angka itu diharapkan bisa turun menjadi 642 juta euro dengan menekan pengeluaran dari sektor gaji sebesar 3 persen dan cicilan sebesar 7 persen. 

Itu sebabnya, Barcelona sangat berhati-hati dalam mendatangkan pemain baru. Agar tidak membebani pengeluaran Barcelona, direksi memilih mendepak sejumlah pemain bergaji tinggi sehingga membuat nama-nama seperti Ivan Rakitic, Ousmane Dembele, dan Samuel Umtiti, sempat muncul di lantai bursa transfer pemain musim panas yang lalu. \

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktivis Desak Polisi Tangkap Maling-Maling Pohon Sonokeling

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan Pemantau Independen Kehutanan (JPIK) mengapresiasi langkah Kepolisian Resort Tulungagung, Jawa Timur dalam mengusut jaringan maling di balik kasus pembalakan puluhan kayu sonokeling di sepanjang ruang milik jalan nasional (Rumija) Tulungagung-Blitar dan Tulungagung-Trenggalek.

"Kami tentu mengapresiasi langkah itu, meski kalau boleh dibilang sangat terlambat. Tapi setidaknya, di bawah kepemimpinan Kapolres yang baru, ada komitmen untuk menindaklanjuti dibanding pendahulu sebelumnya (yang pasif)," kata Dinamisator JPIK, Moch. Ichwan Mustofa, Senin 7 Oktober 2019, dilansir Antara.

Menurut dia, kasus maling sonokeling di kawasan Rumija Tulungagung-Blitar maupun Tulungagung-Trenggalek sudah terang benderang. Semua alat bukti ataupun bukti petunjuk ada.

Bukti tunggak jejak pembalakan sampai saat ini masih ada, foto-foto aktivitas penebangan juga ada. Demikian juga dengan para terduga pelaku, bukti petunjuk surat-surat kayu yang dipalsukan, maupun saksi-saksi yang bisa dimintai keterangan.

Apalagi, lanjut Ichwan, sebagian besar barang bukti, tersangka dan lainnya saat ini ada dan disimpan aparat Kepolisian Resort Trenggalek karena para pelaku dijerat kasus yang sama untuk "locus delicty" di wilayah hukum Trenggalek.

"Kasus ini sebenarnya sangat terang-benderang. Tinggal bagaimana komitmen aparat kepolisian dalam menindaklanjuti kasus ini hingga ke akar-akarnya," kata Ichwan.

Ia berharap pengusutan kasus tersebut tak perlu berlama-lama. Lantaran, menurut Ichwan, polisi tinggal melakukan gelar perkara dan berkoordinasi dengan jajaran Polres Trenggalek. Hal ini diperlukan guna membongkar sindikasi pembalakan sonokeling di wilayah hukum Tulungagung yang diduga juga melibatkan oknum ASN aktif di UPT Dinas Binamarga Jawa Timur di Kediri berinisial A.N.

"JPIK akan terus suport polisi untuk mengusut tuntas kasus ini. Sebab kami juga punya data pengiriman ratusan batang kayu sonokeling dari Tulungagung, atas nama pengusaha Blitar, ke wilayah Pasuruan dan Surabaya untuk selanjutnya dikirim ke luar negeri untuk memenuhi kebutuhan ekspor," kata dia.

 

Pohon Sonokeling

Ilustrasi Foto Pohon (iStockphoto)

Sonokeling merupakan tumbuhan penghasil kayu keras dari suku Fabaceae. Pohonnya berukuran sedang hingga besar dengan tinggi 20-40 meter. IUCN menetapkan statusnya Rentan (Vulnerable/VU) sejak 1999.

Di Indonesia tanaman sonokeling termasuk tanaman Cites Apendik 2, yang penebangan dan peredarannya harus se-izin Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kasus maling sonokeling di wilayah eks-karesidenan Mataraman, khususnya di Tulungagung dan Trenggalek mencuat setelah 89 batang pohon sonokeling di dalam kawasan Rumija Tulungagung diidentifikasi telah dibalak secara ilegal oleh jaringan oknum yang diduga melibatkan orang dalam.

Hasil investigasi JPIK Jawa Timur, modus pelaku dengan melakukan pengeprasan pohon di ruas jalan dengan hanya menebang pohon jenis bernilai jual tinggi semacam sonokeling, selanjutnya dicuci dokumennya, seolah dari hutan hak atau tanah milik.

Kemudian kayu dikirim ke sejumlah industri bersertifikat legalitas kayu (S-LK) di Kab Pasuruan, Kota Mojokerto dan Kabupaten Boyolali, selanjutnya diekspor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayinya Meninggal di Kandungan, Irish Bella Bisa Langsung Hamil Lagi?

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Irish Bella baru saja kehilangan bayi kembarnya. Bayi berjenis kelamin perempuan itu meninggal di dalam kandungan karena sebagian plasenta yang terlepas.

Sesaat setelah diketahui kedua anaknya tak lagi bernyawa, Irish Bella langsung menjalani tindakan operasi caesar di RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat. Kini kondisinya sudah berangsur pulih.

Setelah kejadian ini, apakah Irish Bella diperkenankan untuk hamil lagi dalam waktu dekat? Salah satu tim medisnya menjawab pertanyaan tersebut.

"Paling cepat tiga bulan," kata dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG di RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat, Senin (7/10/2018).

 

Bukan Keguguran

Irish Bella dan Ammar Zoni Maternity Shoot (Instagram/dierabachir)

Sang dokter juga menegaskan bahwa yang dialami Irish Bella bukanlah keguguran. Itu karena usia janin yang dikandungnya sudah cukup matang.

"Karena kalau keguguran dibawah 20 minggu. Ini prematur karena kandungan sudah berusia 27 minggu," sang dokter menjelaskan.

Sementara itu, setelah dilahirkan pada Minggu (6/10/2019), bayi kembar Irish Bella langsung dimakamkan sendiri oleh ayahnya, Ammar Zoni di TPU Kalimulya 1 Depok. Prosesi pemakaman berlangsung dengan penuh air mata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Setelah Seminggu, Kebakaran Gunung Merapi Berhasil Dipadamkan

Posted: 07 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran di area hutan gunung Merapi akhirnya bisa dipadamkan setelah api berkobar sekitar satu minggu. Kini petugas dan relawan memastikan tidak ada bara api yang berpotensi sulut kebakaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragedi Lampedusa Italia Berulang, 13 Orang Tewas Mayoritas Wanita

Posted: 07 Oct 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Itali - Sebuah perahu yang membawa para imigran di Lampedusa, Italia terbalik. Sedikitnya 13 wanita, beberapa di antaranya dalam kondisi hamil, dilaporkan tenggelam.

Pihak berwenang mengatakan beberapa orang lainnya masih belum ditemukan. 

Dilansir dari BBC, Selasa (8/10/2019), perahu yang membawa para migran untuk proses penyelamatan, terbalik dikarenakan kondisi cuaca yang buruk di dekat kepulauan Lampedusa, Italia. 

Tim penyelamat telah menyelamatkan 22 orang selamat dan 13 lainnya yang meninggal, sedangkan jumlah korban hilang sekitar 8 anak.

Sebuah media asal Italia melaporkan bahwa perahu yang meninggalkan pantai Tunisia itu mengangkut sekitar 50 orang.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Kronologi Kejadian

Ilustrasi penyelamatan kapal terbalik (AFP Photo)

Seorang penjaga pantai setempat mengatakan bahwa pihak dari perahu tersebut mengadakan proses penyelamatan pada Minggu malam, 6 Oktober 2019, setelah diperingati atas muatan berlebih dan kondisi kapal yang buruk saat masih berlokasi 11 km dari Lampedusa.

Namun, perahu penyelamatan tersebut terlihat mendekat pada lewat tengah malam dan kondisi cuaca buruk menyebabkannya terbalik.

Kejaksaan Italia mendatangi tempat kejadian untuk melakukan proses investigasi.

United Nation (UN) melaporkan bahwa lebih dari 1,000 orang meninggal di perairan Mediterania selama setahun terakhir dalam perjalanan mereka menuju Eropa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Baru Aisyah Aqillah, Makin Cantik dengan Rambut Pendek

Posted: 07 Oct 2019 09:55 PM PDT

Tak heran jika Aisyah Aqillah punya banyak penggemar. Akun Instagramnya bahkan sudah memiliki 3,5 juta lebih pengikut. (Liputan6.com/IG/@aisyahaqilahh)

Tak heran jika Aisyah Aqillah punya banyak penggemar. Akun Instagramnya bahkan sudah memiliki 3,5 juta lebih pengikut. (Liputan6.com/IG/@aisyahaqilahh)

Biasa tampil dengan rambut panjang, baru-baru ini Aisyah tampil di publik dengan gaya rambut barunya. Ia memotong pendek rambutnya hingga di atas bahu. (Liputan6.com/IG/@aisyahaqilahh)

Biasa tampil dengan rambut panjang, baru-baru ini Aisyah tampil di publik dengan gaya rambut barunya. Ia memotong pendek rambutnya hingga di atas bahu. (Liputan6.com/IG/@aisyahaqilahh)

Meski berganti gaya rambut, pesona Aisyah Aqillah tak berkurang. Justru ia terlihat makin segar dan cantik dengan potongan rambut barunya. (Liputan6.com/IG/@aisyahaqilahh)

Meski berganti gaya rambut, pesona Aisyah Aqillah tak berkurang. Justru ia terlihat makin segar dan cantik dengan potongan rambut barunya. (Liputan6.com/IG/@aisyahaqilahh)

Dikombinasikan dengan topi hitam serta gaya santai, gadis asal Makassar ini makin terlihat dewasa dan memesona. Bahkan memasang pose wajah tanpa senyum, Aisyah tetap dipuji cantik oleh netizen. (Liputan6.com/IG/@aisyahaqilahh)

Dikombinasikan dengan topi hitam serta gaya santai, gadis asal Makassar ini makin terlihat dewasa dan memesona. Bahkan memasang pose wajah tanpa senyum, Aisyah tetap dipuji cantik oleh netizen. (Liputan6.com/IG/@aisyahaqilahh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geger Jasad Wanita Tanpa Busana Ditemukan di Hotel di Karawang

Posted: 07 Oct 2019 09:54 PM PDT

Patroli Indosiar, Jakarta - Seorang wanita muda ditemukan tewas tanpa busana di sebuah hotel di Karawang, Jawa Barat. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (8/10/2019), tubuh korban berinisial O tersebut tertelungkup dan tangannya terikat selimut.

Penemuan jasadnya berawal dari petugas hotel yang memeriksa kamar karena waktu sewa sudah habis.  

Dari kondisinya, polisi menduga korban tewas dengan cara dibekap. Untuk memastikan penyebab kematiannya, jasad korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang untuk diautopsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Disebut Kecewa soal Kursi Ketua MPR, PDIP: Gerindra Dukung Bamsoet Saat Pemilihan

Posted: 07 Oct 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kecewa karena partainya tak mendapat kursi ketua MPR. Menurutnya, Prabowo kecewa lantaran sudah banyak bicara soal rekonsiliasi, namun kursi ketua MPR tetap tak diberikan ke Gerindra.

Terkait hal ini, Wakil Ketua MPR sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, semua fraksi termasuk partainya berpegang pada pernyataan Ketua Fraksi Gerindra, Ahmad Riza Patria dalam sidang paripurna pelantikan pimpinan MPR 3 Oktober 2019 kemarin.

Saat itu, Ahmad Riza menjelaskan ihwal partainya yang mendukung penuh Bambang Soesatyo dari Partai Golkar sebagai Ketua MPR.

"Pengetahuan publik itu kan penjelasan fraksi Gerindra di sidang paripurna MPR di pelantikan Ketua MPR kemarin kan. Kalau kita bicara sikap formal, maka sikap formal yang dapat dibaca adalah pernyataan Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria pada saat menjelang penetapan Ketua MPR terpilih," kata Basarah kepada Liputan6.com, Selasa (8/10/2019)

"Yang mana Riza Patria, Ketua Fraksi Gerindra, mengatakan bahwa Gerindra legowo menarik Pak Muzani sebagai ketua MPR dan mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR. Hal itu dikatakan atas perintah Pak Prabowo, setelah berbicara dan berdiskusi, berkonsultasi dengan Ibu Megawati," lanjut dia.

Basarah menilai, jika ada pernyataan berbeda dari apa yang disampaikan Ketua Fraksi Gerindra saat rapat paripurna, hal tersebut menjadi masalah internal partai pimpinan Prabowo Subianto itu.

"Jadi, publik jadi pegangan itu pernyataan Ketua Fraksi Gerindra tersebut. Oleh karena itu, penjelasan-penjelasan lain mengenai sikap Gerindra mengenai pemilihan Ketua MPR, di luar penjelasan Ketua Fraksi Gerindra secara resmi di sidang Paripurna pemilihan Ketua MPR dua hari lalu, adalah persoalan internal partai Gerindra sendiri," ujarnya.

 

Prabowo Disebut Kecewa

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani masih menyatakan bahwa pihaknya, terutama Prabowo, merasa kecewa lantaran tak diberi dukungan untuk duduk sebagai Ketua MPR.

"Agak kecewa karena katanya kita mau reunifikasi, katanya kita mau rekonsiliasi tapi diminta untuk kita minta hanya sekadar ketua MPR ga ada yang setuju," kata Muzani.

Gerindra akhirnya mundur dari pertarungan pucuk pimpinan MPR setelah Prabowo konsultasi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Dalam rapat paripurna pelantikan pimpinan MPR, Gerindra pun menyampaikan pihaknya mendukung Bambang Soesatyo dari Partai Golkar sebagai ketua MPR.

Saat ini, Bambang Soesatyo juga sudah sah menjadi Ketua MPR periode 2019-2024. Prosesi pengucapan sumpah atau janji Pimpinan MPR juga telah dilakukannya usai dipilih saat Rapat Paripurna Penetapan dan Pelantikan Pimpinan MPR RI di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keindahan dan Kekayaan Makna Batik Madura Nan Eksotik

Posted: 07 Oct 2019 09:51 PM PDT

Jakarta Bulan Oktober dikenal sebagai bulan batik. Kain nusantara ini diperingari setiap tahunnya pada tanggal 2 Oktober 2019. Ini merupakan tanggal diresmikannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Untuk memperingatinya, berbagai kegiatan mulai dilakukan, salah satunya Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) mempersembahkan gelaran 'Pesona Batik Wastra Nusantara' untuk keempat kalinya. Gelaran budaya lewat produk fashion ini digelar pada tanggal 25 September-6 Oktober 2019.

Eksotika Batik Madura menjadi tema besar Pesona Batik Wastra Nusantara tahun ini. Tema ini diangkat karena cerita sejarah serta keunikan motif yang dimiliki oleh batik-batik dari Jawa Timur khususnya Batik Madura. Pekerjaan membatik di Madura pada mulanya dikerjakan di dalam pesantren-pesantren pada musim paceklik. Juga sebagai pekerjaan sampingan para istri sambil menunggu suaminya pulang melaut bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dan tidak memiliki lahan pertanian.

Pekerjaan membatik ini terus berkembang ketika ada sebagian masyarakat Madura memulai mendring atau membawa batik untuk dijual ke kota dan mengambil keuntungan dari harga yang sudah ditetapkan oleh para pembatik. Pada akhirnya kegiatan jual beli ini semakin berkembang pesat dengan dibukanya lapak-lapak atau los batik di pasar-pasar tradisional.

Batik Madura dikenal dengan warna yang berani dan tegas, seperti merah, kuning, hijau, serta biru. Dari segi motif, batik Madura memiliki motif beragam yang terinspirasi dari bentuk tumbuhan, binatang, serta motif kombinasi hasil kreasi pembatik sendiri seperti motif ayam bekisar, gerbong keraton, hingga karapan sapi. Kombinasi warna dan motif ini menjadi ciri khas Batik Madura yang menjadikannya unik dan berbeda.

"Saat ini masyarakat sudah semakin sadar untuk melestarikan batik sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa. Selain itu, melalui event ini kami juga berharap agar batik bisa diterima di kalangan anak muda dan mereka dapat dengan bangga menggunakannya dalam gaya berpakaian sehari-hari yang lebih santai dan casual, seperti contohnya memadukan batik dengan sneakers," kata Tommy L. Center Director Summarecon Mall Kelapa Gading seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu (29/9/2019).

Proses pembuatan dan filosofi batik Madura

Ilustrasi Batik. (Foto: Dok. Pesona Batik Wastra Nusantara)

Terdapat sejarah dan proses panjang dibalik pembuatan batik maupun filosofi yang terkandung dalam setiap motif batik yang unik dan berbeda-beda di setiap daerah. Seperti tema Eksotika Batik Madura, batik dari daerah Madura ini dilukis oleh para pengrajin secara otentik, sehingga menghasilkan motif yang berbeda satu dengan yang lainnya.

 

Rangkaian acara Pesona Batik Wastra Nusantara

Ilustrasi Batik. (Foto: Dok. Pesona Batik Wastra Nusantara)

Pengetahuan seperti inilah yang harus terus diberikan kepada masyarakat sehingga kain batik semakin diapresiasi oleh seluruh kalangan. Selama gelaran Pesona Batik Wastra Nusantara ini berlangsung akan dihadirkan Bazaar Gallery Batik, Batik Fashion Parade by Indonesian Designer, dan Exhibition & Competition.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Peneliti Google Ungkap Celah Keamanan di Android

Posted: 07 Oct 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim keamanan Google baru saja mengungkap daftar smartphone Android yang memungkinkan peretas mengambil alih perangkat tersebut.

Artikel tentang celah keamanan di sistem operasi Android dan mempengaruhi deretan smartphone merek kenamaan tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (7/10/2019) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari diungkapnya Country Director Xiaomi Indonesia baru, dan jumlah aplikasi Android yang memata-matai pengguna.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut di kanal Tekno Liputan6.com ini.

1. Google Ungkap Celah Keamanan di Android

Tim keamanan Google Project Zero baru saja mengungkap daftar smartphone Android dengan kerentanan dan celah keamanan, yang memungkinkan peretas mengambil alih perangkat tersebut.

Dikutip dari The Verge, Senin (7/10/2019), celah keamanan ini ditemukan di sejumlah merek smartphone Android populer, seperti Samsung, Huawei, termasuk Google Pixel.

Menurut juru bicara Android, celah keamanan ini dapat diakses peretas apabila korban memasang aplikasi berbahaya terlebih dulu. Lalu, peretas dapat mengirimkan serangan lain lewat program seperti peramban.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Xiaomi Indonesia Tunjuk Alvin Tse Jadi Country Director

Xiaomi baru saja mengumumkan perubahan dalam tampuk kepemimpinan perusahaan di pasar Indonesia. Lewat perubahan ini, Xiaomi resmi mengangkat Alvin Tse sebagai Country Director Xiaomi Indonesia, menggantikan Steven Shi

Adapaun pengangkatan ini dilakukan untuk memperkuat struktur kepemimpinan di Indonesia, yang menjadi salah satu pasar utama bagi Xiaomi. Langkah ini sekaligus upaya untuk meningkatkan strategi ekspansi global perusahaan.

Nantinya, Alvin akan memimpin pengelolaan operasional Xiaomi di Indonesia secara penuh. Sebelumnya, dia lebih dikenal memimpin lini bisnis smartphone Poco.

Baca selengkapnya di sini

3. 37.000 Pengguna Terkena Aplikasi Mata-Mata pada 2019

Dari Januari hingga Agustus 2019, pengguna yang setidaknya menghadapi satu kali upaya instalasi spyware komersial yang sering digunakan sebagai alat untuk mata-matadomestik atau dikenal sebagai "stalkerware", telah melampaui 37.000 pengguna.

Angka ini meningkat 35 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018. Terlebih lagi, lansekap ancaman untuk stalkerware juga semakin meluas karena Kaspersky telah menemukan 380 varian stalkerware tersebar luas pada tahun 2019--31 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Temuan ini merupakan sorotan utama dari laporan bertajuk Kaspersky's The State of Stalkerware 2019. Stalkerware dapat menyusup ke perangkat seseorang dan memata-matainya.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Sektor Ini Bakal Jadi Primadona Indsutri 4.0 di Indonesia

Posted: 07 Oct 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menetapkan 5 sektor industri yang akan jadi prioritas dalam peta jalan atau road map penerapan industri 4.0 di Indonesia. Ke 5 sektor tersebut diklaim paling besar menyumbang terhadap Produs Domestik Bruto (PDB) nasional.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengungkapkan sektor industri tersebut adalah makanan dan minuman, kimia, tekstil, elektronika dan otomotif.

"5 sektor inilah merupakan penyumbang hampir 65 persen di PDB dan 50 persen penyerapan tenaga kerja sehingga jika kita garap bersama-sama tentunya ini akan mentrigger (memicu) pertumbuhan ekonomi kita lebih signifikan," kata dia dalam acara Workshop Pendalaman Kebijakan Industri, di Padang, Selasa (8/10).

Oleh karena itu, dia mengajak semua kementerian dan lembaga terkait juga ikut serta mengimplementasikan road map industri 4.0. Sebab penerapan industri 4.0 dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di semua sektor, khususnya bidang industri.

"Harus tersosialisasikan sehingga semua sektor, semua kementerian dapat mendukung 4.0 yang selama ini kita kumandangkan," ujarnya.

"Peta jalan diharapkan dapat mewujudkan tujuan Indonesia dimana aspirasi kita di akhir 2020 bisa menjadi 10 negara terbesar di dunia. Kita bisa meningkatkan satu sampai dua persen pertumbuhan ekonomi kita," dia menambahkan.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Menyumbang PDB Hingga 25 Persen

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, penerapan industri 4.0 juga diharapkan dapat meningkatkan kontribusi sektor industri terhadap PDB hingga 25 persen. Kemudian menjadikan Indonesia sebagai negara nett ekspor.

"Tentunya tidak lupa karena Indonesia akan mendapatkan bonus demografi kita juga harus menyediakan lapangan pekerjaan 10 sampai 15 juta," tutupnya.

Imbas Revolusi Industri 4.0, 800 Juta Pekerjaan di Dunia Bakal Hilang?

Revolusi Industri 4.0. Dok: engineersjournal.ie

Co-Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid mengatakan akan ada sekitar 800 juta pekerjaan yang hilang di seluruh dunia imbas revolusi industri 4.0

Hal itu ia sampaikan dalam peluncuran buku Pancasilanomics: Jalan Keadilan dan Kemakmuran karya Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEIN) Arif Budimanta.

Kendati begitu, lanjut dia, pekerjaan baru yang muncul akan lebih banyak dibandingkan pekerjaan yang hilang tersebut. Sebab itu, banyak pertimbangan yang mengiringi ketika mendiskusikan prospek daripada industri 4.0.

"Riset dari McKinsey itu menyebutkan 2030 400-800 juta pekerjaan akan hilang di seluruh dunia. Namun, di saat yang bersamaan juga akan create more new jobs yaitu 900 juta pekerjaan. Jadi lebih banyak yang baru sebenarnya," tuturnya di Jakarta, Senin (7/9/2019).

Pihaknya melanjutkan, memang ada banyak riset dari berbagai dunia mengenai dampak positif dan negatif dari revolusi industri 4.0. Karenanya, banyak pengkajian dari perkembangan teknologi yang disruptif ini, termasuk bagi Indonesia sendiri.

"Pertanyaanya apakah di Indonesia akan lebih banyak pekerjaan yang baru apa yang hilang? Apakah 4.0 ini positif atau negatif. Menambah kesenjangan atau mengurangi kesenjangan," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Van Dijk: Liverpool Jangan Pikirkan Selisih Poin dengan City

Posted: 07 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Virgil van Dijk meminta Liverpool tak tinggi hati melihat posisi di klasemen Liga Inggris. Ia percaya perjuangan untuk merebut gelar masih panjang.

Saat ini Liverpool berada di puncak klasemen Liga Inggris. The Reds mengoleksi 24 poin dari delapan laga.

Sementara Manchester City mengikuti di posisi kedua. Selisih poin dengan Liverpool pun cukup jauh yakni delapan angka.

"Kami tidak boleh memikirkan selisih poin dengan klub lain termasuk Citu. Kami harus fokus pada pertandingan sendiri," kata van Dijk seperti dilansir Sky Sports.

"Masih ada periode sibuk pada bulan Desember dan Januari. Jadi semua hal masih bisa terjadi," bek tengah Liverpool itu menambahkan.

 

 

Kaget City Kalah

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, berbincang dengan Virgil van Dijk saat sesi latihan jelang laga Liga Champions di Melwood, Liverpool, Senin (8/4). Liverpool akan berhadapna dengan Porto. (AFP/Paul Ellis)

Di sisi lain van Dijk mengaku kaget Manchester City kalah lawan Wolverhampton akhir pekan lalu. Apalagi selama di kandang sendiri City hanya empat kali kalah sejak Pep Guardiola menjadi manajer.

"Saat City bermain di rumah, mereka pasti setidaknya mencetak satu gol. Tentu saya kaget Wolves bisa menang," kata van Dijk.

"Namun saya yakin City akan bangkit. Tetapi untuk sekarang mari kita pikirkan timnas dulu," ujar pemain asal Belanda tersebut.

Hasil Liga Inggris

Hasil Liga Inggris pekan kedelapan

Brighton 3-0 Tottenham

Burnley 1-0 Everton

Liverpool 2-1 Leicester

Norwich 1-5 Aston Villa

Watford 0-0 Sheffield

West Ham 1-2 Crystal Palace

Arsenal 1-0 Bournemouth

Manchester City 0-2 Wolverhampton

Southampton 1-4 Chelsea

Newcastle 1-0 MU

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Krisis Septic Tank, Begini Potret Warga Tanjung Duren Utara

Posted: 07 Oct 2019 09:44 PM PDT

Seorang anak tidur di dalam rumahnya di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan ini tak memiliki septic tank sehingga hajat yang dibuang langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang anak tidur di dalam rumahnya di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan ini tak memiliki septic tank sehingga hajat yang dibuang langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kondisi kali yang bersebelahan dengan rumah warga di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil buang air besar (BAB) langsung mengalir ke kali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kondisi kali yang bersebelahan dengan rumah warga di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil buang air besar (BAB) langsung mengalir ke kali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anak-anak bermain di sekitar tempat tinggalnya di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan tersebut tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anak-anak bermain di sekitar tempat tinggalnya di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan tersebut tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas warga yang tinggal di Gang Sekretaris, RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat , Selasa (8/10/2019). Warga di kawasan itu tidak memiliki septic tank sehingga limbah hasil BAB langsung mengalir ke kali yang bersebelahan dengan tempat tinggal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Panitia Wisuda di Kampus Surabaya Prank Wisudawan dengan Lagu Tiktok

Posted: 07 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisuda merupakan salah satu momen paling bahagia yang selalu dinantikan para mahasiswa. Perjuangan menempuh kerasnya bangku kuliah dengan segala suka dukanya akan segera berakhir dan digantikan dengan gelar yang disandang.

Pada momen ini terkumpul beragam rasa haru dan bahagia. Tak hanya wisudawan dan dosen yang merasakan euforianya, namun juga anggota keluarga lainnya.

Namun di hari istimewa tersebut, ada pula beberapa momen yang jauh lebih berkesan dan berbeda dari yang lain. Dosen, rektorat dan para karyawan di salah satu Universitas di Surabaya ramai diperbincangkan publik setelah melakukan prank dengan berjoget di depan para wisudawan.

Aksi joget dengan lagu dari Ilir7 band yang berjudul "Salah Apa Aku" ini memang sedang populer di media sosial, Tik Tok. Beberapa hari yang lalu, lagu ini sempat menjadi trending topik nomor satu di Twitter.

Aksi tersebut direkam dan dibagikan di Instagram @ivon_ceria_monreve dan diedit oleh @aslisuroboyo. Editan dosen, rektorat dan karyawan saat berjoget di depan para wisudawan itu viral di media sosial Video yang diunggah pada Senin (7/10/2019) itu sudah ditonton lebih dari 200 ribu.

Aksi kocak tersebut berhasil mencuri perhatian warganet. Berikut fakta-fakta mengenai aksi prank panitia wisuda salah satu universitas di Surabaya dirangkum Liputan6.com dari @ivon_ceria_monreve dan @aslisuroboyo, Selasa (8/10/2019).

Panitia wisuda prank dengan pura-pura pingsan

Dalam video tersebut, tampak seseorang panitia yang membawa baki tiba-tiba terjatuh dan pingsan di depan jajaran dekan dan rektor. Kemudian panitia lainnya membantu panitia yang jatuh tersebut.

Saat panitia yang jatuh itu terbangun, para panitia lainnya langsung berjoget diiringi lagu 'Di Sana Menanti di Sini Menunggu' dan 'Entah apa yang merasukimu'.

Dijuluki salah satu kampus crazy rich

Seperti diketahui, aksi joget Entah Apa yang Merasukimu yang dilakukan oleh para panitia acara wisuda ini langsung viral di media sosial. Usut punya usut, kejadian tersebut terjadi di Universitas Ciputra.

Universitas Ciputra atau Universitas Ciputra Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya, Indonesia. Universitas ini didirikan pada 7 Februari 1990.

Dari caption Instagram @aslisuroboyo, diketahui jika kampus tersebut mendapat julukan kampus Crazy Rich Surabaya.

Komentar Netizen

Video yang diunggah oleh akun Instagram @aslisuroboyo pada Senin (7/10/2019) itu cukup menarik perhatian publik. Banyak netizen yang kagum dengan ide kreatif para panitia wisuda yang berjoget di depan para wisudawan. Berikut telah dirangkum komentar lucu netizen tentang video viral tersebut.

"salah satu bentuk strategi marketing kampus viral di sosmed" komentar akun @wpaji_salah

"Goyangin dlu ajah shaaayyy drpd mikirin dia yg heboh left group" tulis akun @ririnsartikawati

"Dosennya usil" imbuh akun @fidyarahmaa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Ajun Perwira, Inilah Deretan Selebriti yang Nikahi Janda

Posted: 07 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajun Perwira yang menikah dengan seorang perempuan bernama Jennifer Jill Armand Supit dengan selisih usia yang terpaut jauh, yakni 17 tahun membuat pasangan ini menjadi sorotan publik.

Ajun Perwira dan Jennifer Jill Armand Supit ini menikah pada 22 April 2019 di Pulau Dewata, Bali. Walaupun Ajun menikah dengan wanita yang lebih tua darinya, hubungan rumah tangga mereka masih tetap harmonis hingga sekarang.

Diketahui, sang istri ternyata adalah seorang janda yang sangat kaya. Wanita cantik ini telah memiliki tiga anak yaitu Philo Paz Armand, Jethro Jevo Armand, dan Abisya. 

Selain Ajun Perwira, masih ada deretan selebriti lain yang juga menikahi seorang janda. Siapa saja mereka? Yuk, simak selengkapnya di channel News360 di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bak Idol Korea, Ini 7 Pesona Sandrina IMB yang Kini Beranjak Dewasa

Posted: 07 Oct 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan ajang pencarian bakat IMB? IMB memang salah satu ajang pencarian bakat yang cukup mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini karena IMB dinilai berbeda dari ajang pencarian bakat pada umumnya yang lebih diperuntukan untuk penyanyi.

Di IMB ini semua orang bisa menampilkan apa saja bakat yang ia miliki. Dari sulap, bermain musik, menyanyi hingga menari. Jika berbicara tentang bakat menari di IMB, salah satu finalis yang terkenal adalah Sandrina.

Saat itu usianya baru 11 tahun. Sandrina keluar sebagai juara karena bakatnya dalam membawakan tarian daerah. Enam tahun berlalu, sekarang Sandrina sudah tumbuh menjadi gadis remaja. Penampilannya kini pun semakin fashionable.

Tak heran Sandrina selalu berhasil mempuat netizen dan para penggemar gagal fokus. Bahkan tak sedikit juga yang bilang cewek kelahiran 8 Juli 2001 ini mirip idol Korea. Penasaran dengan wajah Sandrina sekarang?

Berikut 7 pesona Sandrina IMB yang Liputan6.com rangkum dari Instagram @sandrinamazayya, Selasa (8/10/2019).

1. Sejak kecil hingga kini terbukti pesona cewek bernama lengkap Sandrina Mazayya Azzahra ini tak pernah luntur. Beranjak dewasa Sandrina semakin memikat hati ya.

Pesona Sandrina IMB (sumber: instagram/ @sandrinamazayya)

2. Cewek yang dulu dikenal sebagai penari tradisional ini rupanya juga mulai menjadi seorang penyanyi dangdut.

Pesona Sandrina IMB (sumber: instagram/ @sandrinamazayya)

3. Selain itu Sandrina juga kerap mengunggah dirinya melakukan dance modern. Tak sedikit para penggemar yang memintanya untuk ikut audisi idol K-pop.

Pesona Sandrina IMB (sumber: instagram/ @sandrinamazayya)

4. Perubahan cewek 18 tahun ini berhasil bikin pangling. Apalagi dulu netizen hanya melihatnya memakai pakaian tradisional dan sekarang Sandrina saat fashionable.

Pesona Sandrina IMB (sumber: instagram/ @sandrinamazayya)

5. Pesonanya membuat hari para penggemar berdebar. Bahkan dia disebut-sebut sebagai Barbie hidup.

Pesona Sandrina IMB (sumber: instagram/ @sandrinamazayya)

6. Walaupun jarang muncul di layar kaca, Sandrina masih tetap aktif menari di berbagai acara off air.

Pesona Sandrina IMB (sumber: instagram/ @sandrinamazayya)

7. Bagaimana menurut kamu? Cantik banget ya Sandrina.

Pesona Sandrina IMB (sumber: instagram/ @sandrinamazayya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai-ramai Berambisi Menjegal Marc Marquez di MotoGP Musim Depan

Posted: 07 Oct 2019 09:35 PM PDT

Buriram- Tiga bos tim MotoGP yakni Paolo Ciabbati, Davide Brivio, dan Massimo Meregalli, buka-bukaan mengenai rencana untuk menjegal Marc Marquez pada musim depan. Mereka sepakat Marquez terlalu dominan musim ini.

Rider yang kini memiliki julukan baru yakni SuperMarc itu selalu kukuh di barisan teratas klasemen MotoGP 2019 sejak awal musim. Ia bahkan hampir selalu finis di posisi satu dan kedua sepanjang seri MotoGP musi ini.

Marc Marquez hanya mengalami nasib nahas pada MotoGP AS (15/4/2019). Kala itu, Marquez disebut melakukan kesalahan dalam pengereman.

Akibatnya, rider berusia 26 tahun itu gagal finis di sirkuit kebanggaan warga Amerika tersebut. Meski demikian, Marc Marquez disebut sukses membalik keadaan.

Ia kemudian kembali menyabet podium pada MotoGP Spanyol dan Prancis sebelum akhirnya mengunci galar juara dunia MotoGP 2019 di Thailand. Jadi, wajar jika sebelumnya ia menjadi ancaman yang nyata bagi sederet bos tim MotoGP 2019.

Setelah MotoGP Thailand di di Sirkuit Buriram pada Minggu (6/10/2019), sederet bos tim papan atas MotoGP 2019 blak-blakan tentang rencana yang untuk menjegal laju Marc Marquez musim depan. Apakah itu? Dari tiga bos yang berkomentar, Ducati terlihat paling ambisius dengan menarget punya motor yang lebih bagus daripada Honda.  

Paolo Ciabbati (bos Ducati)

Rencananya petinggi Ducati akan mengumumkan susunan pembalap untuk musim 2020 setelah MotoGP Barcelona. (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)

"Untuk mengalahkan Marc Marquez kami harus meningkatkan pengembangan Ducati. Kami harus memiliki motor yang lebih bagus daripada Honda".

Davide Brivio (Bos Suzuki)

Bos Suzuki, Davide Brivio. (istimewa)

"Marquez memang harus dikalahkan. Bagaimana caranya? Bekerja keras dan tingkatkan skill pembalap".

Massimo Meregalli (Yamaha)

Direktur Movistar Yamaha, Massimo Meregalli, menilai Valentino Rossi seharusnya mendapatkan podium karena sudah tampil maksimal pada MotoGP Italia di Sirkuit Mugello. (EPA/Luca Zennaro)

"Yamaha hanya butuh kesempurnaan motor untuk mengalahkan Honda dan Marc Marquez musim depan".

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari, Editor Aning Jati, Published 08/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Ini 50 Pemenang Bagi-Bagi Pulsa Rp 100.000 Aplikasi Liputan6.com

Posted: 07 Oct 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai janji, Liputan6.com hari ini mengumumkan nama 50 orang pengguna beruntung yang bakal mendapatkan pulsa gratis masing-masing Rp 100.000.

Adapun bagi-bagi pulsa gratis ini dalam rangka menyambut antarmuka Liputan6.com yang lebih segar, dan kekinian. Di aplikasi versi terbaru ini kamu juga bisa melihat perubahan desain pada logo yang lebih simpel dan berkarakter.

Kamu juga akan menemukan opsi berita yang ingin dipilih beserta kategorinya. Untuk kategori kanal berita terdapat di bagian atas yang bisa digeser ke kanan dan kiri.

Kategori yang dimaksud antara lain Berita Terbaru atau Latest, Top Stories, Nasional, Hiburan, Internasional, Sepak Bola, E-sport, Olahraga, Bisnis, Teknologi, Travel, Lifestyle, Wanita, Hijab, Kuliner, Sehat, Otomotif, dan Berita-Berita Unik.

Nah, pada penasaran siapa-siapa saja yang beruntung? Berikut ini adalah nama-nama pengguna yang berhak mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 100.000.

1. andry_irfan_: 6283821924XXX

2. non_ve: 6282243562XXX

3. ramdhan_purwo_riyant: 628567552XXX

4. adi_supriyanto: 6282176203XXX

5. deira_boa: 6281958034XXX

6. adjie_rivaldy: 6281218242XXX

7. fauzi_kesuma: 6285924817XXX

8. renoferdian: 6289660969XXX

9. aditya_rizki: 6288210046XXX

10. nana_sukarna37: 6285285748XXX

11. ipungnurdianto: 6285747779XXX

12. rissa_lismayani: 6289660153XXX

13. hikayat_ayat: 6282188277XXX

14. cucu_sunarti: 6285974205XXX

15. yudhacules: 6289507283XXX

16. shandinj: 6283824528XXX

17. mei_selvia: 6282321542XXX

18. ramdhan_purwo_riyant: 628567552XXX

19. sinta_ayu_dewintasari: 6283829048XXX

20. iman_riyanto_: 628126773XXX

21. maryadi83: 62895340777XXX

22. kentautogate: 6282366188XXX

23. akbarr: 6281219567XXX

24. gally_setia: 6289656296XXX

25. ahmad_mukhlis_ilzamy: 6287882114XXX

26. aldyy: 62895331874XXX

27. niawibiyana: 62811345XXX

28. haryo_wibowo_indutz2011: 6285743033XXX

29. achmad_nursalim: 6281911617XXX

30. zimmi: 6285277858XXX

31. syala: 6282320109XXX

32. erwin_firmansyah: 6289628065XXX

33. kiejohns0429: 6281999700XXX

34. febri_rahmadan: 6282384345XXX

35. bambang_sukoco: 6281373377XXX

36. muhammad_haekal_akbari: 6282267661XXX

37. agung_irfan_: 6285697144XXX

38. rivaldiH: 6287809330XXX

39. jhon73: 6282169071XXX

40. nadifah: 6281334344XXX

41. prieadi: 6281395669XXX

42. zainal arifin: 6285360883XXX

43. bonibarong: 6287882933XXX

44. riansetwn: 6281271131XXX

45. nhy1992: 6285272973XXX

46. teguh_saktiajie: 6281321443XXX

47. adhit180: 6281250628XXX

48. evitri_s: 6282184444XXX

49. titalunz: 628388665XXX

50. luki_wikan_tioso: 6282327198XXX

Informasi, pulsa akan dikirim ke masing-masing pemenang maksimal H+3 terhitung saat pengumuman ini dirilis. Bagi yang belum menang jangan bersedih, karena kamu mungkin lebih beruntung di event berikutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta Penganiayaan dan Penculikan Ninoy Karundeng

Posted: 07 Oct 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ninoy Karundeng diculik saat meliput demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPR, Senin 30 September 2019 lalu. Rekan Ninoy, Jack Lapian menceritakan, Ninoy dicokok saat berada dekat masjid daerah Pejompongan.

Hal ini dia ketahui setelah mendapat cerita dari Ninoy Karundeng yang telah dibebaskan.

"Diamankannya kemarin. Ninoy lagi meliput demo di tengah massa. Dia ketahuan lagi motret-motret terus massa ini marah. Dia kan memang sehari-hari juga menjadi penulis ya," kata Jack saat dihubungi Merdeka, Selasa 1 Oktober 2019.

Usai diamuk, Ninoy dibawa ke suatu tempat yang ia yakini adalah wilayah Petamburan, Jakarta Barat. Di sanalah Ninoy diintimidasi seperti dalam video beredar.

Polisi pun tak tinggal diam. Dengan cepat, setidaknya ada 11 orang yang kini ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan dan penculikan tersebut.

Berikut fakta-fakta penganiayaan dan penculikan Ninoy Karundeng dihimpun Liputan6.com:

 

Tetapkan 11 Tersangka

Ilustrasi Penganiayaan (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Penyidik Polda Metro Jakarta menetapkan 11 tersangka dalam kasus penganiayaan Ninoy Karundeng, yang dalam sebuah video mengaku sebagai buzzernya Joko Widodo.

"11 tersangka itu yang pertama inisialnya AA, kemudian ARS, YY. Ini (mereka) adalah perannya menyebarkan videonya dan kemudian juga membuat konten-konten berkaitan dengan hate speech di WA grup," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2019.

Selanjutnya, kata Argo, ada tersangka RF dan tersangka atas nama Baros. Keduanya bertindak menyalin atau mengambil data yang berbeda di dalam laptop Ninoy.

"Dia juga mengintervensi korban dia juga menghapus semua data-data yang ada di HP," ucap Argo.

Selanjutnya, lanjut Argo, ada juga tersangka dengan inisial Insiyur S. Insinyur S merupakan sekretaris di sebuah masjid. Perannya ialah menyalin data di laptop Ninoy. Dia juga berkoordinasi dengan Munarman.

"Dia juga dapat perintah untuk hapus CCTV dan kemudian juga untuk tidak menyerahkan semua data kepada pihak kepolisian," kata Argo.

Tersangka selanjutnya adalah TR. Perannya, adalah memanggil tersangka F untuk menyalin data dari laptop korban. TR saat ini tengah sakit, sehingga penyidik tidak melakukan penahanan.

"Yang berikutnya adalah tersangka SU. Ini adalah mendapat perintah dari tersangka S untuk memperbanyak copy-an dari pada yang hasil curian di laptop milik korban," papar Argo.

Ada Skenario Pembunuhan

Ilustrasi - Borgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Menurut Argo, salah satu tersangka berinisial ABK berperan merekam video dan menyebarkan. Tak hanya itu, ia turut memukuli dan menganiaya korban serta mendukung perencanaan skenario membunuh Ninoy.

"Kemudian tersangka berikutnya IA ya. Dia ini ikut menganiaya dan kemudian mengusulkan untuk dilakukan pembunuhan dengan kampak," ucap Argo.

Tersangka selanjutnya adalah R. Dia merupakan DKM suatu masjid. Saat kejadian R ada di lokasi. "(R) Ikut menganiaya korban dan juga ikut mengintimidasi korban," ungkapnya.

"Itu yang 11 tersangka kemudian yang dua orang sedang diperiksa kita masih nunggu status dari pada yang bersangkutan yaitu ada atas nama BD, itu ada di lokasi ikut mengintimidasi dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan," imbuhnya.

BD, kata Argo, adalah sekjen PA 212. Selain BD, polisi memeriksa orang berinisial F. "F alias Fery sedang dilakukan pemeriksaan saat ini hasilnya belum kita dapatkan," katanya.

Sekjen PA 212 Diduga Terlibat

Ilustrasi terborgol. (dok. Photo by niu niu/Unsplash)

Argo juga menjelaskan, Sekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Bernard Abdul Jabbar ikut berada di lokasi kejadian saat Ninoy Karundeng dianiaya. Bernard turut mengintimidasi relawan Jokowi tersebut.

"Itu (Bernard) ada di lokasi ikut mengintimidasi dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan. Itu adalah Sekjen PA 212," kata Argo.

Pada kasus ini, polisi telah menetapkan 11 orang tersangka terkait dugaan penganiayaan Ninoy. Bernard pun saat ini tengah diperiksa di Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Status Bernard belum ditentukan menjadi tersangka atau tidak.

"Itu yang 11 tersangka kemudian yang 2 orang sedang diperiksa kita masih nunggu status dari pada yang bersangkutan, yaitu ada atas nama BD," ucap Argo.

11 tersangka tersebut memiliki peran berbeda terkait kasus Ninoy. Dari jumlah itu, 10 orang sudah ditahan dan 1 orang ditangguhkan lantaran sedang sakit.

"Kita lihat perkembangan selanjutnya. Tadi udah disampaikan dari 11 orang tersangka ada 10 ditahan dan 1 ditangguhkan karena sakit dan yang 2 sedang diperiksa," tandas Argo Yuwono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanda Bakal Bantu Upaya Sertifikasi Sawit Indonesia untuk Ekspor ke Pasar Eropa

Posted: 07 Oct 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Belanda berkomitmen untuk membantu Indonesia dalam upaya sertifikasi produk kelapa sawit yang akan dipasarkan ke Negeri Kincir Angin, dan secara luas, pasar Eropa.

Komitmen itu datang di tengah sentimen negatif dan narasi diskriminasi dari organisasi multilateral Benua Biru terhadap komoditas ekspor unggulan Tanah Air tersebut.

Harapannya, menurut sejumlah pejabat RI, sertifikasi tersebut akan menjadikan proses produksi dan produk kelapa sawit Indonesia memenuhi prinsip berkelanjutan (sustainability), ramah lingkungan, dan mampu bersaing dengan produk biofuel Eropa.

Penegasan atas komitmen tersebut terjadi dalam pertemuan kedua kepala negara, Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, di Istana Bogor, Senin (7/10/2019).

"Kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan yang terbuka, dalam hal ini saya sampaikan kembali concern Indonesia untuk kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit," ucap Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama PM Rutte.

Pada bagiannya, Rutte mengatakan bahwa sektor kelapa sawit memiliki masalah yang cukup kompleks, namun, "Kami berupaya untuk mengubah situasi (kompleks) ini menjadi sebuah peluang," tegasnya.

Beberapa pekan sebelum pertemuan tingkat tinggi itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag telah meneken memorandum kesepahaman (MoU) 'Joint Production on Sustainable Palm Oil' di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-74 PBB di New York' pada 26 September 2019.

Memorandum itu, kata Retno pada September lalu, akan memberikan mekanisme pemberdayaan bagi sejumlah petani-petani sawit untuk menghasilkan produk yang berkelanjutan (sustainable).

Mekanisme kemitraan itu juga ditujukan untuk memberikan dukungan penguatan kapasitas agar produk kelapa sawit RI mampu bersertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

Dalam sebuah pernyataan pers Kemlu RI, Menteri Kaag menegaskan, "Belanda, sebagai top importir kelapa sawit di kalangan negara Uni Eropa, mengapresiasi komitmen Indonesia dalam meningkatkan kapasitas produk-produk sawit berkelanjutan."

"Belanda juga mengakui nilai ekonomi kelapa sawit dan kontribusinya untuk meningkatkan mata pencaharian petani kecil di Indonesia," kata Kaag seperti dikutip dari situs resmi Badan Pengelola Dana Perkebunan kelapa Sawit (BPDP-KS).

Penguatan Kapasitas Petani Sawit Berskala Kecil

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perkebunan provinsi itu per tahun 2019, kabupaten dengan Hak Guna Usaha (HGU) kebun kelapa sawit terluas di Aceh, yakni 71,661.53 hektare. (Liputan6.com/ Rino Abonita)

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah mengatakan, MoU 'Joint Production on Sustainable Palm Oil' yang diteken antara RI dan Belanda, "akan diimplementasikan dalam bentuk program-program penguatan kapasitas yang menyasar petani-petani sawit kecil, bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat dari Belanda," ujarnya dalam kesempatan terpisah di Jakarta, 7 Oktober 2019.

Memorandum dan program-program tersebut, "juga secara luas berperan sebagai payung sertifikasi produk kelapa sawit Indonesia yang akan diekspor ke Belanda dengan tujuan akhir pasar Eropa," lanjut Faizasyah.

Sementara itu, Wakil Kepala Bagian Ekonomi Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, Joost Nuitjen mengatakan bahwa pemerintah negaranya "berkomitmen bekerjasama dengan Indonesia dalam menghasilkan produk kelapa sawit yang berkelanjutan," ujarnya dalam kesempatan terpisah di Jakarta, Senin 7 Oktober.

Senada dengan apa yang dikatakan oleh Faizasyah, Nuitjen mengatakan bahwa Belanda "akan menyiapkan sejumlah proyek yang berlandaskan pada MoU yang ditandatangani kedua menteri di New York pada September (2019) lalu."

Seorang pejabat Kemlu RI yang memahami proses kerja sama tersebut menjelaskan, Belanda akan mendasari bentuk-bentuk bantuan sertifikasi kelapa sawit Indonesia menggunakan mekanisme 'The Amsterdam Declaration in Support of a Fully Sustainable Palm Oil Supply Chain by 2020'.

Deklarasi itu ditandatangani pada 2015 oleh menteri dari enam negara Eropa; Denmark, Prancis, Jerman, Belanda, Norwegia, dan Inggris --mengatasnamakan diri sebagai negara anggota Uni Eropa.

Dalam naskah pembukaan, para penandatangan "menegaskan kembali pentingnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang menyerukan, antara lain, produksi berkelanjutan dan konsumsi, dan memastikan keamanan pangan dan gizi, mengakhiri kemiskinan, memerangi perubahan iklim, dan menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati, degradasi lahan dan deforestasi."

Indonesia --bersama Argentina, Kolombia, Ghana, Pantai Gading, dan Malaysia-- sebagai negara produsen kelapa sawit menjadi negara "target sasaran". Mereka, bekerjasama dengan negara penandatangan dan pemangku kepentingan lain dan sektor swasta (secara kolektif disebut sebagai Amsterdam Declarations Partnership), akan melakukan "peningkatan kapasitas dalam produksi komoditas minyak kelapa sawit yang berkelanjutan," demikian dikutip dari situs resmi the Sustainable Trade Initiative (IDH).

Situs resmi Amsterdam Declaration Partnership menyebut bahwa nilai kemitraan itu mencapai angka 52,5 juta euro (Rp 815 miliar) yang akan disalurkan ke negara mitra produsen kelapa sawit.

"Yang tersalurkan ke Indonesia akan bernilai sekitar 5 juta euro (Rp 77,6 miliar) untuk menyasar sekitar 15.000 petani sawit kecil, yang akan dieksekusi pada 2020," kata pejabat Kemlu RI tersebut yang berbicara dalam sarat anonimitas.

"Harapannya, produk yang dihasilkan setelah terjamah program bisa bersertifikasi sesuai dengan mekanisme tersebut, sesuai dengan prinsip berkelanjutan, ramah lingkungan, dan berdaya saing Eropa," lanjutnya yang menambahkan bahwa kedua negara segera memulai diskusi di tataran pelaksana kerja untuk target pelaksanaan 2020.

Simak video pillihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Astronot Ganti Baterai Stasiun Luar Angkasa

Posted: 07 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua orang astronot mengganti baterai yang telah habis setelah dipakai 10 tahun di stasiun luar angkasa. Penggantian baterai terkendala jarak dan luas bidang yang besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joko Anwar Sempat Diboikot Kru dan Pemain Perempuan Tanah Jahanam

Posted: 07 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film horor Perempuan Tanah Jahanam akan mulai tayang di bioskop Tanah Air pada 17 Oktober mendatang. Ada banyak cerita menarik yang tertinggal di balik syuting film ini.

Salah satunya saat para pemain dan kru Perempuan Tanah Jahanam dengan kompak ogah menjalani syuting. Alasannya tak lain adalah sang sutradara, Joko Anwar.

"Kita boikot. Jangan ada yang mau syuting," tutur bintang Perempuan Tanah Jahanam, Tara Basro, saat bertandang ke kantor Liputan6.com di Gondangdia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Apakah ada perilaku Joko Anwar yang kurang berkenan bagi para kru sehingga hal ini terjadi? Justru sebaliknya. Joko Anwar terlalu berkomitmen untuk menjalani syuting Perempuan Tanah Jahanam meski kesehatannya tengah memburuk.

"Dia kena demam berdarah dan tipes," tutur Marissa Anita menambahkan.

Bisa Lewat

Joko Anwar dan para pemain Perempuan Tanah Jahanam (Nurwahyunan/Fimela.com)

Marissa Anita menceritakan bahwa pada syuting hari pertama di Malang, kondisi Joko Anwar sudah begitu lemah.

"Dia itu sudah pucet tapi masih mau maksa. Dia itu enggak mau ngerepotin orang-orang, paling sayang sama orang-orang, pengin semua lancar, sampai saat sakit itu dibela-belain syuting," kata Tara Basro.

Alhasil, kru dan pemain pun kompak untuk memboikot syuting. "Sampai krunya ada yang ke Bromo, jadi enggak mungkin syuting," tutur Asmara Abigail menimpali.

"Dia harus bed rest. Jadi harus digituin. Kalau enggak, enggak bakal bisa (istirahat)," kata Tara Basro menambahkan.

Saat akhirnya diperiksa di rumah sakit di Malang, Joko Anwar juga sempat dimarahi oleh seorang perawat karena ingin melanjutkan syuting. "Sampai ada suster bilang, 'Tidak bisa. Kalau tidak anda bisa lewat'," tutur Marissa Anita menirukan pernyataan sang perawat.

 

Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam (Twitter/ @MarissaAnita)

Perempuan Tanah Jahanam menceritakan Maya (Tara Basro) yang memutuskan untuk datang ke sebuah desa terpencil bersama sahabatnya, Dini (Marissa Anita). Namun langkah ini justru membuat nyawa mereka terancam.

Kunjungan ini juga menyingkap rahasia tentang keluarga Maya.

Selain Tara Basro, Marissa Anita, dan Asmara Abigail, Perempuan Tanah Jahanam juga dibintangi oleh Christine Hakim. Ini adalah penampilan pertama sang aktris senior dalam sebuah film horor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bank BUMN Belum Minat Investasi ke Muamalat

Posted: 07 Oct 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)  belum berencana untuk melakukan investasi di Bank Muamalat. Hal tersebut dinyatakan Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas dan Corporate Secretary BNI Meiliana dan Corporate Secretary BRI Hari Purnomo.

Ketiga bank juga membantah bahwa rumor yang beredar bahwa ada analis asing yang menyebutkan bahwa Bank Mandiri dan BNI telah menyepakati due diligence untuk berinvestasi di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

"Kami menyayangkan media-media nasional yang memuat pernyataan analis internasional yang menyatakan ada rumor tentang rencana Bank Mandiri dan BNI yang akan melakukan investasi di Bank Muamalat," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas dalam keterangan tertulis, Selasa (8/10/2019).

Sebagaimana diberitakan, terdapat rumor melalui analisis yang dilakukan oleh Macquarie yang menyatakan bahwa bank milik negara, yaitu Bank Mandiri dan BNI, sepakat untuk melakukan uji tuntas (due diligence) untuk melakukan investasi di Bank Muamalat.

"Kami tegaskan bahwa BNI belum memiliki keinginan atau rencana untuk melakukan investasi di Muamalat." ujar Meiliana, Corporate Secretary BNI.

Sementara itu, Corporate Secretary BRI Hari Purnomo mengatakan, terkait dengan adanya berita bahwa bank BUMN akan melakukan akuisisi terhadap Bank Muamalat, BRI tidak memiliki rencana terkait corporate action tersebut.

Saat ini, untuk pengembangan bisnis perbankan Syariah, BRI masih fokus pada pengembangan BRISyariah, subsidiary BRI yang bergerak di bidang perbankan Syariah.

Ilham Habibie Beberkan Rencana Penyelamatan Bank Muamalat

Bank Muamalat (Muamalat.co.id)

Manajemen Bank Muamalat tengah menyiapkan rencana bisnis untuk memperbaiki kinerja perusahaan. Hal tersebut disampaikan oleh Komisaris Utama PT Bank Muamalat, Ilham Habibie.

Dia mengakui, belum dapat membeberkan secara terperinci langkah strategis yang akan diambil Bank Muamalat. Namun, yang pasti, ke depan bank Muamalat bakal lebih mengarah ke sektor ritel.

"Maksudnya business plan ke depan? Itu saya belum bisa buka di sini secara terperinci. Tapi kurang lebih yang akan ditekankan adalah retail," kata dia, saat ditemui, di Jakarta, Selasa (9/7/2019). 

Dasar penentuan arah bisnis tersebut, lanjut dia, karena bank Muamalat memiliki brand yang kuat untuk memasuki pasar ritel. Sebagai contoh dia menyebutkan, 50 persen pasar pendanaan haji dipegang oleh Bank Muamalat.

"Retail maksudnya ke perorangan. Korporasi masih ada, tapi porsinya dikurangi. Alasannya karena brand-nya kuat sekali untuk ritel. Jadi kalau kita lihat misalnya pasar yang terkait dengan finansial dengan haji dan umroh yang swasta yang non ONH, ONH plus itu lebih dari 50 persen dipegang kita. Jadi kuatnya kita memang di situ," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Hal tentang Penemuan Telur Buaya yang Ternyata...

Posted: 07 Oct 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara menemukan puluhan telur berukuran cukup besar di tepi Kali Cengkareng Drain, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.

Sekitar 20 telur berukuran cukup besar tersebut ditemukan pada Minggu, 6 Oktober 2019 pagi. Para petugas pun mengira telur itu merupakan telur buaya.

Telur buaya tersebut pertama kali ditemukan petugas saat sedang menanam bibit singkong di tepi Kali Cengkareng Drain.

Namun rupanya, setelah ditelisik, telur-telur itu bukanlah telur buaya. Telur itu adalah telur biawak. Hal itu diketahui setelah telur diperiksa oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Berikut 3 hal tentang telur biawak yang semula diduga telur buaya dihimpun Liputan6.com:

 

Pertama Kali Ditemukan Petugas UPK

Puluhan telur yang ditemukan petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara menemukan telur yang diduga telur buaya saat menanam bibit singkong di tepi Kali Cengkareng Drain.

Hingga kini, belum terlihat induk dari telur buaya itu, namun warga dan petugas kerap menemukan dua ekor buaya di sekitar lokasi telur ditemukan.

 

Jumlahnya Puluhan

Puluhan telur yang ditemukan petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara masih menjaga keberadaan dua puluh butir telur buaya di tepi Kali Cengkareng Drain, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu pagi.

Telur-telur buaya dibiarkan dalam posisi tertimbun tanah. Petugas UPK pun berharap puluhan telur buaya ini segera dievakuasi untuk menghindari kerusakan.

"Ini takutnya ada orang di luar main ambil ambil saja, kita namanya kerja cuma sampai sore saja, sore kita pulang, enggak mungkin kita jagain di sini," ujar petugas kebersihan UPK Badan Air Jakarta Utara Listyono.

 

Bukan Telur Buaya

Puluhan telur yang ditemukan petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Hingga Minggu, 6 Oktober 2019 pagi, telur-telur tersebut masih dijaga petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara untuk menghindari kerusakan.

Saat itu, petugas mengira telur-telur ini merupakan telur buaya, mengingat banyaknya laporan bahwa warga dan petugas yang kerap menemukan dua ekor buaya di sekitar lokasi.

Namun, setelah ditemukan dan diperiksa petugas BKSDA, ternyata telur itu bukanlah telor buaya.

"Telur-telur tersebut bukanlah telur buaya, tetapi itu adalah telur biawak. Itu bisa dilihat dari ciri-ciri fisik, dari cangkang telur. Telur buaya itu jauh lebih besar daripada cangkang yang ditemukan," kata Kepala BKSDA Jakarta Ahmad Munawir.

BKSDA menghimbau kepada masyarakat agar tidak usah khawatir akan temuan telur-telur di tepian Kali Cengkareng.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebijakan Menteri Susi Bikin Takut Nelayan Thailand

Posted: 07 Oct 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Natuna Kepulauan Riau mengakui bahwa kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam menenggelamkan kapal pencuri ikan atau kapal yang melakukan illegal fishing ampuh meredam kehadiran kapal-kapal asing. Setidaknya, melalui kebijakan ini, kapal berbendera luar kini sudah jera memasuki perairan Indonesia khususnya di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

"Sekarang dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, saya menilai itu sangat tepat. Bukan gertakan tapi betul-betul membuat takut," kata Bupati Kabupaten Natuna, Hamid Rizal saat ditemui di Natuna, Selasa (8/10/2019).

Hamid mengisahkan setelah beberapa kali kebijakan ini digulirkan salah satu negara tetangga seperti Thailand bahkan tidak berani lagi untuk mencuri ikan di perairan Natuna. Lantaran para bos-bos perikanan perusahaan di Thailand takut untuk kembali melancarkan niat jahatnya.

"Saya kebetulan berada di Thailand. Tempat di mana para pencuri ikan di sana. Saya berhadapan dengan bos kapal ikan di sana. Tahu-tahu dia ngomong ada kapal saya yang diledakan (ditenggelamkan) di lautan Indonesia Natuna, dia bilang ngeri juga," ceritanya.

Berkaca atas kebijakan tersebut, cerita Hamdid, kapal-kapal asing Thailand yang tadinya sudah siap memasuki perairan Indonesia diminta berputar balik untuk tidak melakukan pencurian ikan di laut Indonesia.

"Jadi kapal-kapal di sana yang tadinya sudah muat es ada puluhan kapal yang mau berangkat ke Natuna itu dibatalkan semua. Para bos kapal kapal ikan melarang jangan keluar bahaya itu jangan keluar darurat. Mereka masuk di bom (ditenggelamkan) terus. Itu adalah satu tindakan pertama yang betul betul membuat merasa takut merasa jera apabila itu dilakukan terus menerus," jelas dia.

Di sisi lain, Hamid mengatakan kebijakan penenggelaman kapal ini juga berimbas kepada kesejahtetaan para nelayan Natuna. Mengingat, mereka dapat lebih leluasa bahkan kini bisa mendapatkan hasil tangkapan lebih banyak ketimbang sebelumnya.

"Mudah mudahan kebijakan ini terus berlanjut. Kami mendoakan agar ibu susi lanjut terus agar sejahtera. Itu doa kami," harap Hamid.

Sebagai informasi saja, sejak Oktober 2014 secara keseluruhan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti tercatat telah menenggelamkan kapal berbendera luar sebanyak 556 kapal. Adapun dari total tersebut terbanyak dari Vietnam dengan berjumlah 321 kapal.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Cerita Menteri Susi Jatuh Cinta pada Natuna

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberi keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mulai menenggelamkan 51 kapal pencuri ikan mulai 4 Mei 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna, Provinsi Riau. Selain meresmikan operasional Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) yang berada di Selat Lampa pada Senin kemarin, Menteri Susi juga melakukan penenggalam empat kapal pencuri ikan (illegal fishing) asal Vietnam di perairan Natuna.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menteri Susi beberapa kali memberikan isyarat perpisahan kepada masyarakat sekitar. Seolah menandakan bahwa dirinya tak lagi menjabat dan masuk ke kursi Pemerintahan Jokowi Jilid II.

"Bapak ibu sekalian ini barangkali kunjungan saya sebagai menteri terakhir mungkin saya tidak bisa berkunjung lagi sampai tanggal 20 Oktober 2019," kata Menteri Susi seperti ditulis, Selasa (8/10/2019).

Tak luput, Menteri Susi juga mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Natuna serta pada masyarakat sekitar yang menerima kedatangannya dengan baik selama melakukan kunjungan kerja ke Natuna. Bahkan dirinya mengaku tertarik dan jatuh cinta dengan Natuna. 

"Jadi kalau saya sudah tidak lagi jadi menteri datang ke sini iya tolong bapak dan ibu tetap ramah saja kepada saya. Boleh toh Pak Bupati? Iyaa karena saya senang lautnya," kata dia.

Meski mengaku cinta dengan kondisi laut Natuna, namun ada beberapa hal yang membuat dirinya bersedih. Itu dikarenakan ekosistem di bawah laut yang semakim hari tergerus akibat penangkapan-penangkapan ikan dilakukan dengan cara terlarang. Baik itu dengan pengeboman hingga alat tangkap yang dapat merusak ekosistem bawah laut lainnya.

"Saya sedih kalau snorkling tidak ada isinya pak. Itu aja. Begitu berenang liat ke bawah gak ada apa apanya sedih pak," keluh Menteri Susi.

Melihat kondisi tersebut, dirinya pun meminta para petugas di lapangan untuk terus berkomitmen dalam menjaga kedaulatan laut di Indonesia, utamanya menindak tegas para pencari ikan yang melakukan penangkapan secara terlarang.

"Dan saya berharap seluruh petugas di sini akan terus komitmen dan terus teguh menjaga kedaulatan laut untuk menjaga keberadaan dari natuna ini. Natuna sangat penting dan strategis untuk Indonesia," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur NTT Minta Penyandang Disabilitas Jadi Staf Khusus dan Penasihat Pribadinya

Posted: 07 Oct 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang mahasiswi bernama Dina Novista Noach berhasil meraih peringkat ketiga lomba karya tulis ilmiah tingkat provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dina rupanya merupakan penyandang disabilitas. Melalui karya tulisnya, Dina mengkritisi pemerintah tentang cerdas memanfaatkan layanan Bank NTT bersama penyandang disabilitas.

Dalam tulisan itu Dina memprotes kebijakan pemerintah NTT, yang belum memberikan perhatian yang serius terkait pelayanan umum bagi kaum penyandang disabilitas secara keseluruhan. Bahkan ia menilai, layanan umum milik pemerintah seperti memandang sebelah mata kaumnya.

Kritikannya mengenai layanan Bank NTT untuk penyandang disabilitas itu membuat Dina mendapatkan uang tunai sebesar Rp 50 juta beserta plakat. Hadiah itu diserahkan langsung oleh Ketua PKK NTT Julie Sutrisno Laiskodat.

Mengapresiasi keberanian dan talenta yang dimilik oleh Dina walaupun berkebutuhan khusus, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat langsung mengangkat Dina sebagai staf khusus dan penasihat Gubernur bagian disabilitas.

Gubernur Viktor meminta semua bupati dan walikota di Nusa Tenggara Timur agar tulus melayani dan mengabdi kepada masyarakat, tanpa melihat status maupun kondisi fisik.

 

Penghargaan Diberikan saat Hari Pendidikan Nasional

Gubenur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (Ola Keda/Liputan6.com)

Penghargaan itu diraih Dina dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di Nusa Tenggara Timur pada 2 Mei lalu.

Peringatan Hardiknas yang digelar di Desa Mangeruda, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada itu diikuti oleh 22 kabupaten atau kota di Nusa Tenggara Timur yang dihadiri langsung oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakilnya Yosef Nae Soi.

Usai upacara peringatan itu, Gubernur Viktor menyerahkan hadiah dan plakat, kepada sembilan orang siswa yang menjuarai

Dari kesembilan siswa berprestasi tersebut ada satu orang mahasiswi dari Fisip Universitas Nusa Cendana Kupang, berhasil meraih penghargaan, yaitu Dina Novista Noach.

 

Reporter : Ananias Petrus

Sumber : Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rashford Ingin Bawa MU Kembali ke Jalur Kemenangan

Posted: 07 Oct 2019 09:20 PM PDT

Manchester- Penyerang Manchester United (MU), Marcus Rashford, mengakui timnya memang bermain buruk dalam beberapa laga terakhir. Rashford pun bertekad membawa MU segera bangkit.

The Red Devils tampil melempem di Premier League musim ini. Mereka hanya meraih dua kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan tiga kekalahan dari delapan laga yang sudah dijalani.

Teranyar, Tim Setan Merah menelan kekalahan 0-1 dari Newcastle United pada laga pekan kedelapan di St. James' Park, Minggu (6/10/2019). Gol kemenangan Newcastle disarangkan Matthew Longstaff pada menit ke-72.

Hasil minor tersebut membuat MU berada di peringkat 12 dengan nilai sembilan. MU terpaut hingga 15 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen sementara Premier League.

"Anda tidak bisa bersembunyi di sepak bola dan beberapa minggu terakhir tidak cukup baik," tulis Rashford di akun Twitter pribadinya.

"Saya sebagai penggemar MU, ini sungguh menyakitkan. Dan Anda layak mendapatkan yang lebih baik. Kami tahu kami perlu meningkatkan dan itulah satu-satunya fokus kami sebagai tim dan sebagai klub," lanjutnya.

Bersua Liverpool

Aksi Marcus Rashford melewati Mohamed Salah pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (24/2). Man United bermain imbang 0-0 kontra Liverpool. (AFP/Oli Scarff)

Saat ini, seluruh liga di Eropa memasuki jeda internasional selama hampir dua pekan. Selepas itu, Manchester United akan menghadapi Liverpool di Old Trafford, dalam laga pekan kesembilan Premier League, 20 Oktober 2019.

Meski bermain di kandang sendiri, The Red Devils diprediksi bakal kesulitan mengalahkan The Reds. Pasalnya, Liverpool sedang dalam kepercayaan diri tinggi, karena meraih delapan kemenangan beruntun di Premier League.

Selain itu, Manchester United juga memiliki tren kurang bagus ketika bersua skuat Si Merah. Dari delapan laga terakhir, MU menelan dua kekalahan, satu kemenangan, dan lima hasil imbang.

Sumber: FourFourTwo

Disadur dari Bola.com (penulis Rizki Hidayat, Editor Aning Jati, Published 08/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Irish Bella, 5 Seleb Ini Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil

Posted: 07 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini pasangan selebriti Irish Bella dan Ammar Zoni sedang berduka. Keduanya kehilangan calon bayi kembarnya yang meninggal di dalam kandungan. Meninggalnya calon bayi kembar ini dikarenakan Irish Bella mengalami gangguan mirror syndrom.

Mirror syndrom adalah penyakit yang disebabkan tekanan darah naik sehingga membuat plasenta lepas. Sebelum Irish Bella, ada beberapa seleb lainnya yang juga mengalami gangguan kesehatan saat hamil.

Banyak gangguan yang dialami oleh seleb Tanah Air ini saat mengandung seperti ketuban pecah dini, kekurangan air ketuban, tekanan darah tinggi dan masih banyak gangguan lainnya.

Akibat mengalami gangguan-gangguan tersebut, para selebriti ini harus rela melahirkan sebelum usia kehamilan 9 bulan hingga ada yang mengalami keguguran layaknya yang dialami Irish Bella. Gangguan-gangguan kesehatan saat hamil ini membuat para seleb harus ekstra bersabar dan ikhlas dalam menghadapi keadaan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, seleb yang pernah mengalami gangguan kesehatan saat hamil, Selasa (8/10/2019).  

1. Aura Kasih

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/aurakasih)

Pada 16 Juni 2019 menjadi hari paling bahagia bagi Aura Kasih dan Eryck Amaral. Aura Kasih melahirkan dua minggu lebih cepat. Alasan Aura Kasih melahirkan dua minggu lebih cepat, karena air ketubannya kering. Hal tersebut membuat Aura kekurangan cairan ketuban atau biasa disebut dengan istilah oligohidramnion. Meski harus melahirkan lebih cepat, Aura Kasih beserta anaknya bernama Arabella tetap dalam kondisi sehat.

 

 

2. Ashanty

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/ashanty_ash)

Ashanty, istri Anang Hermansyah diketahui juga pernah mengalami keguguran sebanyak dua kali. Salah satu penyebab Ashanty keguguran adalah pengentalan darah. Akibat pengentalan darah, asupan gizi tidak bisa sampai ke janin Ashanty karena terhalang gangguan tersebut.

"Alhamdulillah, hamil Arsy Arsya kandungan aku kuat. Tapi masalahnya pengentalan darah, karena nggak tahu. Nah pas Arsya nggak pengentalan darah jadi cuek. Jadi nggak setiap aku hamil pengentalan darah," ujar Ashanty dikutip Liputan6.com dari Fimela.com (9/8/2017).

3. Asri Welas

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/asri_welas)

Kurangnya air ketuban juga pernah dialami Asri Welas. Asri Welas sampai harus diinfus untuk menambah air ketuban. Ia dirawat beberapa kali di rumah sakit karena masalah ini. Untungnya, Asri bisa melahirkan anak ketiga bernama Renzo Gibrar Ridharaharja dengan lancar melalui proses persalinan operasi caesar. 

Setelah melahirkan, Renzo sempat mengalami gangguan kesehatan. Hal tersebut membuat Renzo harus dirawat ke Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Meski sering dalam kondisi drop, namun Asri tetap berjuang dengan memberikan ASI ke Renzo agar kesehatannya beranjak membaik.

 

4. Chyntia Lamusu

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (Fotografer: Bambang E. Ros)

Melalui proses persalinan operasi caesar, Chyntia Lamusu melahirkan bayi kembar. Kelahiran bayi kembar Chyntia lebih cepat satu bulan dibanding tanggal prediksi. Keputusan melahirkan lebih cepat ini diambil karena tekanan darah tinggi dialami istri Surya Saputra.

Tekanan darah tinggi Chyntia Lamusu bahkan berpotensi pre-eklampsia. Meski mendapat banyak gangguan kesehatan, pada 20 November 2016, Chyntia Lamusu melahirkan dua anak kembar bernama Tatjana dengan berat 2.100 gram da Bima 1.200 gram.

 

5. Marissa Nasution

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/marissaln)

Marissa Nasution pernah hamil bayi kembar. Sayangnya, ia kehilangan satu bayi saat mengandung. Hal tersebut disebabkan oleh gangguan Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS). Gangguan tersebut membuat kedua janin di tubuh Marissa harus berbagai satu plasenta. Akibatnya, suplai darah ke tubuh bayi menjadi tidak seimbang sehingga salah satu janin bayi tersebut meninggal.

Pada 28 Mei 2018, Marissa Nasution melahirkan dengan lancar di Singapura. Anak Marissa diberi nama Alaia Moana. Kini bersama Alaia, VJ cantik tersebut terlihat begitu bahagia.

 

6. Irish Bella

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella  (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

Terbaru, Irish Bella dan Ammar Zoni harus iklhas melepas kepergian calon buah hatinya pada Minggu (6/10/2019). Irish Bella harus keguguran karena mengalami mirror syndrom. Menurut dr. Gatot Abdurrazak, gangguan mirror syndrom disebabkan oleh tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas. Efeknya, Irish Bella mengalami pre-eklamsia dan aliran darahnya menjadi tidak lancar.

"Itu namanya solusio. Itu disebabkan pre-eklamsia yang disebabkan mirror syndrom. Jadi, tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas hingga aliran darah tidak lancar ke bayi," kata dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG, di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, Senin (7/10/2018).

Pre-eklamsia yang dialami Irish Bella ini membuat calon bayi kembarnya meninggal dunia. Dua bayi kembar yang diberi nama Ayura binti Akbar, dan Ayuna Khadijah binti Akbar ini dikeluarkan dari kandungan Irish Bella dengan proses operasi caesar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isyana Sarasvati Di-bully Warganet, Raisa Turun Tangan

Posted: 07 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kali pertama menyapa publik, Isyana Sarasvati dibandingkan dengan Raisa yang lebih dulu sukses dengan hit "Serba Salah" dan "Apalah Arti Menunggu." Kebetulan keduanya sama-sama cantik dan berambut hitam panjang berkilau. Isyana Sarasvati mengenang momen saat warganet menudingnya mengekor Raisa.

Isyana Sarasvati mengaku mayoritas orang kala itu menganggapnya penyanyi pop. Padahal Isyana Sarasvati merintis karier di jalur musik klasik. Keyakinan Isyana Sarasvati berubah saat kuliahnya memasuki semester akhir.

"Ada tawaran yang bikin galau. Tapi saya berpikir dari kecil menciptakan lagu sendiri, bernyanyi, suka musik klasik yang segmented. Itu karena saya pemalu, introver, dan kurang berani berpendapat langsung. Kalau di musik komersial kan dunianya beda," ujar Isyana Sarasvati di sela peluncuran kampanye #TakTerhentikan bersama Sunsilk di Jakarta Selatan.

Setelah bertemu pihak perusahaan rekaman, Isyana Sarasvati menyadari jati dirinya sebagai musisi. Apesnya, kali pertama merilis single ia dibandingkan dengan Raisa. Isyana Sarasvati pun menerima cibiran di jagat maya.

"Saya dicibir segala macam tapi Yaya (Raisa) mengontak saya duluan. Kali pertama menerima pesan Yaya saya pikir ini hoaks. Rupanya Yaya mencari nomor saya buat menyemangati. Saya jadi plong banget karena sejak awal saya merasa tak ada masalah apa-apa dengan Yaya," beri tahu pelantun "Kau Adalah" dan "Masih Berharap."

Lambat laun gelombang cibiran mereda setelah publik menyadari musik Isyana Sarasvati dan Raisa berbeda. Dan musik memang tidak bisa dibandingkan.

Bersahabat

Raisa Andriana dan Isyana Sarasvati dalam acara talkshow Sunsilk #TakTertahankan yang dilaksanakan di Ecology Bistro Kemang pada Senin (7/10/2019). (dok. Liputan6.com/Novi Thedora)

Sementara Raisa punya alasan khusus mengapa menghubungi Isyana Sarasvati duluan. Rupanya Nyonya Hamish Daud berempati pada Isyana Sarasvati.

"Saya, tuh membayangkan kalau ada di posisi Isyana, itu enggak enak banget. Saya saja yang mendapatkan dampak (dibanding-bandingkan) enggak enak hati. Apalagi Isyana yang lebih baru tentu tidak biasa berada di situasi itu," urai Raisa.

Ia senang akhirnya bersahabat dengan Isyana Sarasvati. "Lebih baik dan lebih cair saat saya kontak duluan. Kalau Isyana duluan tidak mungkin," pungkasnya. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waskita Karya Terima Pembayaran Rp 2,52 Triliun dari 4 Proyek

Posted: 07 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) pada bulan Oktober 2019 ini akan menerima pembayaran dari 4 (empat) proyek turnkey yang telah dikerjakan oleh Waskita senilai kurang lebih Rp2,52 triliun.

Keempat proyek dimaksud adalah Proyek LRT Sumatera Selatan senilai Rp500 miliar, Proyek Tol Kunciran – Parigi Rp700 miliar, Proyek Tol Cileunyi – Sumedang - Dawuan Rp327 miliar, dan Proyek Tol Cinere – Serpong Rp1 triliun.

"Khusus tol Cinere – Serpong proses pemenuhan persyaratan administrasinya masih berlangsung dan diharapkan pencairannya dapat dilaksanakan pada bulan Oktober ini," ungkap Director of Finance, Haris Gunawan dalam keterangannya, Selasa (8/10/2019).

Seiring dengan telah selesainya progres pembangunan proyek infrastruktur jalan tol dan proyek strategis nasional lainnya, sampai dengan akhir tahun 2019 Waskita akan menerima pembayaran sejumlah proyek turnkey.

Selain empat proyek tersebut, Waskita juga akan melakukan penagihan untuk pekerjaan proyek tol Trans Sumatera yang dikembangkan oleh PT Hutama Karya (Persero) dan selesai pada tahun 2019.

Dari proyek tol Trans Sumatera ini waskita diharapkan dapat menerima pembayaran sebesar Rp13 triliun. Selanjutnya Waskita Karya juga akan menerima pembayaran dari proyek tol Jakarta - Cikampek II Elevated. Pembayaran sebesar Rp4,5 triliun dari Tol Japek II Elevated diharapkan dapat diterima pada Desember 2019.

Pembayaran atas proyek-proyek ini termasuk dalam rencana penerimaan kas masuk dari proyek turnkey sebesar Rp24 triliun yang selesai di tahun 2019. Dengan pembayaran tersebut, diharapkan akan membantu menjaga rasio hutang berbunga terhadap modal ini sebesar 2,3x di akhir tahun 2019.

 

Proyek Strategis Nasional

Suasana upacara bendera HUT RI ke 72 di proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, (17/8). Tiga perusahan BUMN Pelindo I, PT PP dan Waskita Karya mengikuti upacara bendera di HUT RI. (Liputan6.com/Pool)

Sejak tahun 2014, PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengerjakan berbagai proyek strategis nasional, baik infastruktur jalan tol, light rail transit, maupun bendungan yang sebagian besar dikerjakan dengan skemapendanaan turnkey.

Sebanyak 18 ruas jalan tol sepanjang 1.013 kilometer yang konsesinya dimiliki Waskita telah selesai dibangun dan saat ini sebagian besar sudah dioperasikan. Di Palembang, Sumatera Selatan, Waskita telah membangun Light Rail Transit (LRT) dan telah dioperasikan sejak 1 Agustus 2018. LRT pertama di Indonesia ini merupakan karya anak bangsa.

Konstruksi LRT senilai Rp10,9 triliun dilaksanakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk, trainset atau gerbong LRT dibuat di Pabrik PT INKA (Persero) di Madiun. Sedangkan PT Len Industri menyiapkan sistem persinyalan, sistem telekomunikasi, kelistrikan gardu atau substation, signal on depot, dan prasarana untuk tiket elektronik.

Adapun proyek strategis nasional bendungan yang telah selesai dikerjakan Waskita adalah Bendungan Raknamo di Kupang, NTT, Bendungan Gondang di Karanganyar, Solo, Bendungan Teritip di Kalimantan Timur, dan Bendungan Kamijoro di Yogyakarta.

Waskita Karya Siap Garap Proyek Tol di Ibu Kota Baru

Lima ruas bagian dari Tol Trans Jawa yang dikerjakan oleh Jasa Marga dan Waskita Karya siap diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Dok Kementerian BUMN)

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) siap berkontribusi dalam membangun Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan Timur. Salah satunya dengan memprakarsai pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara melalui anak usaha PT Waskita Toll Road.

Direktur Keuangan Waskita Karya Haris Gunawan menyatakan, saat ini kajian pemindahan Ibu Kota baru masih ada di Bappenas dan akan selesai pada akhir tahun ini. Selanjutnya, pada 2020 akan ada regulasi dari rencana induk atau master plan dan pemindahan dilakukan pada 2022-2024.

"Waskita mendukung dari sisi teknologi dan pembiayaan. Kemampuan kami akan lebih fleksibel. Pembangunan masih 2022-2024, Kalau kajian sudah selesai akhir tahun, kita akan masuk," ujar Haris saat Ngopi Bareng BUMN di Sinergy Lounge, Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Haris menjelaskan, beberapa proyek yang akan digarap perusahaan di Ibu Kota baru antara lain sektor energi, transportasi, solar cell dan bangunan. Kawasan inti pusat pemerintahan itu nantinya akan dibangun dengan klasifikasi modern, sehingga standarisasi harus mengacu pada standar internasional.

Direktur Operasi II Waskita Karya, Bambang Rianto investasi yang akan dilakukan perseroan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Waskita Karya akan masuk ke Ibu Kota Negara baru itu mulai 2021. Sebab, pembangunan masif di Ibu Kota Negara baru diperkirakan terjadi pada 2022-2024.

Bambang menambahkan perseroan juga serius melakukan persiapan dari sisi pembiayaan maupun dari sisi teknologi. BUMN Karya ini banyak mendapatkan dana segar mulai tahun ini melalui divestasi beberapa proyek jalan tol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Cetak Gol, Wenger Kirim Peringatan ke Gelandang Anyar Arsenal

Posted: 07 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Eks manajer Arsenal, Arsene Wenger (69) buka suara soal penampilan Nicolas Pepe. Wenger meyakini, Pepe harus diberi waktu beradaptasi dengan Arsenal.

"Saya suka pemainnya dan mendatangkannya adalah keputusan bagus. Dia belum benar-benar beradaptasi dan Anda harus memberinya waktu," ujar Wenger seperti dilansir Sportskeeda.

Arsenal membeli Nicolas Pepe dari Lille pada bursa transfer awal musim ini seharga 72 juta pound sterling atau Rp 1,2 triliun. Harga selangit membuat Pepe dituntut langsung tampil maksimal bersama Arsenal.

Sayangnya, harapan itu masih bertepuk sebelah tangan. Pepe baru mencetak satu gol bagi Meriam London -julukan Arsenal.

Tak heran, kritik pun meluncur kepada pemain berusia 24 tahun tersebut. Arsenal disebut salah telah membeli Pepe.

Wenger menilai, ada perbedaan di Liga Inggris dan Liga Prancis. Menurut Wenger, Pepe bermain lebih bebas di Liga Prancis.

"Dia sedikit bermain tanpa kebebasan seperti yang dia dapatkan di Prancis dulu," ujar pria yang pernah meraih double winners bersama Arsenal tersebut.

 

Bersaing dengan Pemain Muda

9. Nicolas Pepe (Penyerang) - Dari Lille ke Arsenal dengan harga 80 juta euro. (AFP/Ben Stansall)

Lebih lanjut, Wenger juga menganggap Pepe harus segera menemukan permainan terbaiknya. Pasalnya, Arsenal kini dihuni banyak pemain muda yang berpotensi masuk skuat utama.

"Saya melihat karakter dari permainannya (Pepe, red) terutama saat tidak memegang bola. Itu tidak terjadi saat ini," ujar Wenger.

"Di sisi lain, saya harus katakan Arsenal punya banyka pemain muda yang bisa bermain di sayap dan Pepe harus berjuang untuk menjaga tempatnya di skuat utama," kata Wenger mengakhiri.

Lima Laga Arsenal Berikutnya

Selasa 22 Oktober 2019

Sheffield United vs Arsenal

Jumat 25 Oktober 2019

Arsenal vs Vitoria Guimaraes

Minggu 27 Oktober 2019

Arsenal vs Crystal Palace

Kamis 31 Oktober 2019

Liverpool vs Arsenal

Sabtu 2 November 2019

Arsenal vs Wolverhampton

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Glenn Fredly Dikabarkan Hamil, Ini 5 Potret Terbaru Mutia Ayu

Posted: 07 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan Glenn Fredly dan Mutia Ayu pada Agustus 2019 lalu sempat menghebohkan publik. Pasalnya, hubungan keduanya memang jauh dari publik dan sangat jarang mengunggah foto mesra di media sosial.

Pernikahan antara Glenn dan Mutia Ayu juga digelar secara tertutup pada 19 Agustus 2019 lalu. Keduanya memilih menggelar pernikahan dengan konsep outdoor dan hanya mengundang keluarga serta teman dekat saja. Selepas menikah, baik Glenn ataupun Mutia tidak sungkan untuk memperlihatkan kemesraan di muka publik.

Bahkan, pada unggahan foto di akun Instagram pribadi Mutia Ayu, tak sedikit netizen yang menanyakan soal kehamilannya. Pasalnya, penampilan istri dari Glenn Fredly dalam beberapa foto terbarunya terlihat lebih gemuk. Meski banyak netizen yang menanyakan kondisinya, baik Mutia Ayu ataupun Glenn sama-sama bungkam dan tak memberikan klarifikasi.

Terkait hal tersebut, sang manajer, Gesit pun sempat angkat bicara. Ia juga mengaku tak mengetahui tentang kabar kehamilan penyanyi dangdut tersebut. Ia juga beranggapan perubahan penampilan Mutia Ayu dikarenakan tengah berbahagia.

"Memang salah satunya mungkin lebih senang kali ya, mungkin lebih bahagia ya, lagi menjalani masa kebahagiaan. Jadi akan terlihat lebih gemuk ya mungkin," kata Gesit saat dihubungi Liputan6.com pada Selasa (3/9/2019).

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @mutia_ayuu, Selasa (8/10/2019) berikut ini beberapa potret terbaru dari Mutia Ayu yang dikabarkan tengah hamil.

1. Unggahan foto inilah yang membuat netizen berspekulasi tentang kehamilan Mutia Ayu.

Mutia Ayu (Sumber: Instagram/mutia_ayuu)

2. Ia dan Glenn Fredly tak sungkan untuk mengunggah foto mesra berdua di akun Instagram pribadinya.

Mutia Ayu (Sumber: Instagram/mutia_ayuu)

3. Penampilan Mutia Ayu saat berlibur di Sumba, NTT juga sukses mencuri perhatian netizen.

Mutia Ayu (Sumber: Instagram/mutia_ayuu)

4. Beredar kabar mengenai kehamilannya, tak sedikit netizen yang turut berdoa dan berbahagia.

Mutia Ayu (Sumber: Instagram/mutia_ayuu)

5. Digosipkan tengah hamil, Mutia Ayu justru mengunggah sebuah video yang menunjukkan saat tengah berlatih tari di akun Instagram.

View this post on Instagram

💃🏽💃🏽

A post shared by MAW🌹 (@mutia_ayuu) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Berharap DPR dan Pemerintah Segera Perbaiki RUU KUHP

Posted: 07 Oct 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bangsa Indonesia sangat memerlukan KUHP yang baru mengingat sudah 74 tahun merdeka. Saat ini, Indonesia masih menggunakan KUHP peninggalan Belanda. Karenanya, Bamsoet berharap DPR RI dan Pemerintah bisa segera membahas kembali RUU KUHP dengan memperhatikan semua kritik dan aspirasi dari masyarakat.

"Pembahasan RUU KUHP memang sedang ditunda terlebih dahulu. Pemerintah dan DPR RI sepakat untuk cooling down sehingga bisa sama-sama kembali terjun menyerap aspirasi dari berbagai elemen masyarakat. Kita sangat membutuhkan KUHP yang baru karena KUHP saat ini masih merupakan produk kolonial Belanda," ujar Bamsoet saat menerima Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, komplek MPR, DPR, dan DPD RI, Jakarta, Senin (7/10/10).

Turut hadir 15 dekan Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, antara lain Dekan FISIP UNHAS Prof. Dr Amin, Dekan FIS UNJ Dr. Muhammad Zid, Dekan IPDN Bandung Dr. Ismail Nurdin, Dekan FISIP UNAND Dr. Hardi Warsono, Dekan FISIP UNPATTI Prof. Tonny D. Pariela, Dekan FISIP UNTIRTA Dr. Agus Sjafri, dan Dekan FISIP UNSIL Dr. Iis Marwan.

Dalam pertemuan tersebut para dekan menyoroti sejumlah hal, di antaranya pengesahan revisi UU KPK, pembahasan RUU KUHP, gerakan demonstrasi dari berbagai mahasiswa dan pelajar, hingga moralitas Parlemen.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, jika dahulu dalam pembahasan RUU KUHP, pemerintah dan DPR RI lebih banyak fokus menyerap aspriasi dari LSM maupun praktisi hukum, kedepan juga dirinya berharap DPR akan banyak melibatkan kalangan ilmuan sosial dan politik seperti Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia maupun forum akademis lainnya untuk sama-sama membedah RUU KUHP. Sehingga DPR RI dan pemerintah punya insight dari berbagai disiplin ilmu.

"Tak hanya membedah, jika nantinya RUU ini rampung, berbagai kalangan dan praktisi juga bisa membantu sosialisasi secara masif. Sehingga, masyarakat bisa ikut tercerahkan," terang Bamsoet.

Terkait penolakan revisi RUU KPK, Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2014-2016 ini menjelaskan, mengingat UU KPK sudah disahkan, maka kini bolanya ada di pemerintah. Jika masyarakat tak puas, bisa juga mengajukan juducial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Karena itu tak perlu ada gerakan yang sampai berujung kerusuhan. Demonstrasi merupakan hak politik setiap warga negara yang diatur dalam perundangan. Namun jika ada gerakan rusuh, siap-siap berhadapan dengan aparat hukum untuk diproses sesuai koridor hukum. Karena negara kita merupakan negara hukum, tak boleh siapapun membuat kerusuhan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," jelas Bamsoet.

Dalam pertemuan tersebut, Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia juga menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi moralitas Parlemen yang dianggapnya belum ada perubahan signifikan. Bagi Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini, DPR RI dan DPD RI sebagai lembaga perwakilan, terdiri dari berbagai macam tipe orang yang dipilih langsung oleh rakyat.

"Terlepas dari latar belakang dan kualitas masing-masing individu yang menjadi anggota DPR RI dan DPD RI, faktanya mereka adalah orang-orang yang dipilih langsung oleh rakyat di masing-masing daerah pemilihan. Kini berbagai partai politik tengah melakukan pembenahan besar-besaran, menarik sebanyak mungkin milenial ke kancah politik dengan harapan ada alih generasi," tuturnya.

Wakil ketua Umum KADIN Indonesia ini juga menambahkan, sudah saatnya sistem Pilkada dan Pemilu secara langsung dikaji ulang. Karena, secara tidak langsung menjadikan politik berbiaya tinggi.

"Dapat dibayangkan untuk menjadi kepala daerah saja dibutuhkan puluhan miliar. Begitu juga untuk terpilih menjadi anggota Parlemen. Kalau dipikir jernih, hanya mengandalkan gaji yang diterima tentu tidak akan menutupi pengeluaran yang ada. Akibatnya, ada yang kemudian melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya untuk mengembalikan uang yang sudah dikeluarkan. Karenanya, sistem pemilihan langsung seperti sekarang perlu dikaji ulang lagi untuk menghindari mudharat yang lebih besar," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komoditas Ilegal Dari 9 Negara Dimusnahkan Kementan

Posted: 07 Oct 2019 09:06 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Benih tanaman hias atau bunga, sayur, buah, serta bagian lainnya seperti tunas, dimusnahkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian, melalui Kantor Pos Besar Malang periode Januari-Agustus 2019 .

"Selanjutnya sampai batas waktu yang ditentukan yaitu 14 hari kerja dan pemilik tidak bisa memenuhi persyatan yang ditentukan, maka paket-paket tersebut akan dimusnahkan," ujar Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya, Musyaffak Fauzi saat melakukan pemusnaahan di halaman kantor wilayah kerja Bandara Abdul rahman Saleh, Malang, Selasa kemarin (7/10).

Diketahui, paket-paket tersebut dikirimkan dari sembilan negara tanpa dokumen, diantaranya negara China, Amerika Serikat, Malaysia, Laos, Perancis, Swiss, Saudi Arabia, Taiwan, dan Singapura.

Dalam UU No. 16 Tahun 1992 Pasal 6 menyatakan bahwa setiap media pembawa/komoditas pertanian yang dilalulintaskan dalam wilayah Indonesia wajib a). Dilengkapi sertifikat kesehatan, b) melalui tempat pemasukan dan pengeluaran yang telah ditentukan, serta c) dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina setempat untuk dilakukan tindakan karantina.

Musyaffak mengatakan bahwa maraknya penggunaan media on line sebagai salah satu cara untuk bertransaksi dagang menjadikan jasa pengiriman termasuk Kantor Pos Besar Malang berpotensi sebagai tempat pemasukan komoditas pertanian tanpa dokumen/ilegal.

"Oleh sebab itu, pemasukan media pembawa/komoditas pertanian tanpa dilengkapi dengan dokumen dilarang dan dapat dikenakan tindakan penahanan dan pemusnahan," katanya.

 

Benih tanaman hias atau bunga, sayur, buah, serta bagian lainnya seperti tunas dimusnahkan.

Selain memberikan efek jera dan menjaga kewibaan pemerintah, beber Musyaffak, pemusnahan juga dilakukan untuk menjaga danmelindungi kekayaan hayati Indonesia dan Jawa Timur khususnya dari kama penyakit tumbuhan dari luar negeri.

Meskipun jumlahnya tidak seberapa hanya belasan kilogram namun benih merupakan golongan media pembawa risiko tinggi untuk menyebarkan penyakit tumbuhan. Dan apabila ditanam belasan kg bibit tersebut bisa diapliksikan ke puluhan hektar lahan.

"Dapat kita bayangkan berapa kerugian ekonomi yang terjadi apabila penyakit tersebut lolos masuk jawa Timur," tambah Musyaffak.

Lebih lanjut Musyaffak menyebutkan pemusnahan paket tersebut bermula dari informasi dari x-ray bea cukai, pada petugas Pos Besar Malang. Kemudian dilanjutkan ke petugas karantina setempat. Kemudian petugas karantina pertanian melakukan penahanan sambil menunggu pemilik melengkapi dokumen yang dipersyaratkan.

"Dokumen diantaranya Phitosanitarry Certificate/PC dan Surat Ijin Pemasukan (SIP, red) dari Kementerian Pertanian untuk komoditas benih tanaman," sebutnya.

Pemusnahan ini disaksikan oleh Dan POM Lanud Abdul Rachman Saleh, Kepala KPP Bea Cukai Malang, Perwakilan Kantor Pos Besar Malang, Kapolsek Pakis dan pemilik barang atau kuasanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Belum Punya Perjanjian Batas Maritim dengan 9 Negara

Posted: 07 Oct 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) gelar focus group discussion tentang delimitasi batas maritim di Jakarta, Selasa (08/10/2019).

Diskusi ini melibatkan Kementerian Luar Negeri, Pushidros TNI AL dan berbagai pihak terkait dengan tujuan memperdalam wawasan dalam menentukan batas laut Indonesia dengan negara tetangga.

Plt. Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono menyatakan, batas negara sangat penting tidak hanya dari sisi ekonomi namun sisi kedaulatan dan ketahanan negara. Namun, merumuskan batas ini tidak semudah teorinya.

"Batas maritim kita saat ini masih banyak yang belum dilegtimasi dalam bentuk perjanjian. Kita punya 10 negara yang berbatasan dengan Indonesia dan baru satu yang punya perjanjian, yaitu Singapura. Sementara yang lain sedang dalam proses," ujarnya di Jakarta, Selasa (08/10/2019).

Agung melanjutkan, penyelesaian batas maritim ini harus dilihat secara makro. Kalau tidak dilakukan, akan terjadi friksi atau insiden. Seperti ketegangan antara Indonesia dengan Vietnam, di Natuna baru-baru.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Tak Ada Perjanjian

Kapal Pengawas Perikanan menangkap satu kapal perikanan asing (KIA) berbendera Vietnam di Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) Laut Natuna Utara pada Jumat (8/3/3019) (Foto: Dok Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Garis Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Natuna dilaporkan mengalami klaim tumpang tindih karena tidak ada perjanjian antara Indonesia dan Vietnam.

Bila tidak ada batas ZEE yang jelas, maka akan terjadi tumpang tindih dalam pengelolaan sumber daya laut.

"Jangan sampai kita menunggu insiden lagi lalu baru kita ribut. Harus ditentukan dari sekarang, oleh karenanya diharapkan FGD ini bisa menambah wawasan dalam menentukan batas maritim di perundingan," tuturnya.

Jokowi Ajak Belanda Bangun Sektor Maritim Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) berbincang dengan PM Belanda Mark Rutte (kiri) sebelum pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/19). Pertemuan itu membahas kerja sama strategis antara Indonesia dan Belanda kedepan berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif. (AP/Dita Alangkara)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bliteral dengan Perdana Menteri Kerajaan Belanda, Y.M. Mark Rutte di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin ini. Dalam pertemuan ini, Jokowi dan Mark membahas berbagai kerja sama bilateral mulai dari sektor perdagangan kelapa sawit, investasi, hingga pariwisata.

"Di bidang perdagangan, kita sepakat terus meningkatkan perdagangan yang terbuka dan fair. Dalam konteks ini, saya sampaikan kembali, concern Indonesia untuk kebijakan UE terhadap kelapa sawit," kata Jokowi dihadapan Mark Rutten di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

Kemudian di bidang investasi, Jokowi mengajak Belanda untuk meningkatkan kemitraan infrastruktur maritim, hingga penggelolaan air.

"Di bidang investasi, saya mengajak Belanda untuk meningkatkan kemitraan di bidang infrastruktur maritim dan pengelolaan air," ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, kepada Rutten, Jokowi juga menjelaskan terkait program kerjanya selama 5 tahun mendatang. Mulai dari pengembangan sumber daya manusia hingga pelatihan untuk masyarakat.

"Saya sampaikan kepada PM Rutte bahwa dalam 5 tahun ke depan, saya akan memberikan prioritas pengembangan SDM.Oleh karena itu pendidikan menjadi sangat penting, terutama pendidikan vokasi," kata Jokowi

Kemudian, dalam pertemuan tersebut mereka membahas bagaimana menigkatkan kerja sama dibidang vokasi, kemaritiman hingga keperawatan.

"Dan dalam pertemuan kita membahas upaya meningkatkan kerja sama di bidang vokasi, termasuk di bidang kemaritiman dan keperawatan," ungkap Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Solskjaer Senang Lukaku Hengkang dari MU

Posted: 07 Oct 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pihak kritik Manajemen MU usai lepas Romelu Lukaku, pasalnya MU kini kekurangan penyerang tengah. Namun Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer menanggapi positif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Minta Mahasiswa Tak Demo Saat Pelantikan Presiden

Posted: 07 Oct 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesastyo meminta rencana mahasiswa kembali menggear demo pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 20 Oktober mendatang diurungkan.

"Saya berharap kepada adik-adik mahasiswa untuk mengurungkan niat demo," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (8/10/2019).

Ia meminta mahasiswa menghormati proses pelantikan presiden lantaran pelantikan itu disaksikan seluruh dunia.

"Karena peristiwa sangat sakral bagi bangsa kita dan akan disaksikan oleh dunia. Kami juga mengundang kepala negara untuk hadir menyaksikan dan mengikuti pelantikan presiden. Jadi kalau adik mahasiswa demo besar-besaran kurang elok bagi bangsa kita. Kita utamakan nama baik bangsa," katanya.

Politisi Golkar itu menyebut pelantikan tersebut juga mengundang beberapa kepala negara, oleh karena itu adanya demo akan membuat nama baik Indonesia kurang elok.

"Karena yang kita utamakan adalah nama naik bangsa," ucapnya.

Terkait ucapannya yang menyatakan siap pasang badan untuk menjaga pelantikan Jokowi-Maruf, Bamsoet menyebut pernyataan itu sebagai pencegahan apabila ada upaya pelengseran.

"Ya saya tidak ingin ada upaya suatu pemerintahan dilengserkan di tengah jalan ini, tidak baik bagi bangsa kita sendiri dan rakyat kita. Jadi harus kita pertahankan sampai akhir jabatan. Ini harus menjadi kesepakatan bangsa kita," ujarnya.

 

Salah Alamat

Ia menyebut, demo terkait revisi UU KPK adalah salah alamat ditujukan ke DPR. Sebab Perppu adalah ranah pemerintah.

"Ya itu sudah menjadi domain daripada pemerintah manakala tanggal 17 presiden tidak tanda tangan maka otomatis undang-undang itu berlaku tempat satu satunya untuk melalukan judicial review adalah di MK. Jadi salah alamat kalau demonya ke DPR karena tugas DPR sudah selesai," ia menandaskan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Taman Puring Mulai Direvitalisasi

Posted: 07 Oct 2019 09:01 PM PDT

Proses pengerjaan revitalisasi Taman Puring di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proses pengerjaan revitalisasi Taman Puring di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan revitalisasi Taman Puring, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan revitalisasi Taman Puring, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proses pengerjaan revitalisasi Taman Puring di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proses pengerjaan revitalisasi Taman Puring di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan revitalisasi Taman Puring, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan revitalisasi Taman Puring, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proses pengerjaan revitalisasi Taman Puring di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proses pengerjaan revitalisasi Taman Puring di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019). Pemprov DKI mulai melakukan revitalisasi dua taman yang sudah rusak pada tahun ini salah satunya adalah Taman Puring. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

michelle mengatakan...

ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q