Sabtu, 12 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jarang Muncul di Layar Kaca, 6 Artis Ini Pilih Profesi Baru di Bidang Hukum

Posted: 12 Oct 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dunia keartisan memang identik dengan kemewahan dan bergelimang harta. Hal ini juga yang membuat banyak orang ingin menjadi artis. Menjadi artis dianggap cara paling mudah untuk mendapatkan banyak uang. Tapi tak bisa dipugkiri juga kalau eksistensi dunia hiburan Tanah Air tidak bisa diprediksi.

Popularitas bukan sesuatu yang bisa dipertahankan dengan mudah. Hal ini lah yang mendorong para artis untuk membuka bisnis sebagai investasi masa depan. Tapi ternyata tak semua artis memilih untuk berbisnis. Ternyata banyak beberapa artis yang justru memilih profesi baru.

Bahkan kini mereka justru merasa lebih fokus dengan profesi barunya. Selain menjadi politisi, profesi baru artis yang banyak dipilih adalah pekerjaan di bidang hukum. Banyak artis yang kini lebih memilih menjadi pengacara bahkan menjadi notaris.

Tak tanggung-tanggung ada yang sudah punya kantor sendiri. penasaran siapa saja? Berikut 6 artis pilih profesi baru di bidang hukum yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/10/2019).

1. Alya Rohali

Alya Rohali adalah Puteri Indonesia 1996. Ia sempat menjadi aktris dan prenter ternama sebelum akhirnya fokus menjadi ibu rumah tangga. (Foto: instagram.com/arohali)

Nama Alya Rohali tentu sudah tak asing di dunia hiburan Tanah Air. Aktris cantik kelahiran 1 Desember 1976 ini adalah Putri Indonesia tahun 1996 dan juga menjadi pembawa acara.

Lama tak muncul di layar kaca, rupanya kini Alya Rohali mempunyai sebagai notaris. Dengan gelar S.H., M.H., M.Kmn. Alya Rohali kini memilih untuk menjadi seorang notaris. Bahkan kini Alya diketahui sudah memiliki kantor notaris sendiri.

2. Nadia Saphira

Nadia Saphira (Sumber: Instagram/nadsap)

Nadia Saphira mulai melambung sejak bermain sinetron 'Ada Apa Dengan Cinta' bersama Ririn Dwi Ariyanti dan Reyvaldo. Rupanya kini Nadia telah memutuskan untuk tidak lagi berakting di dunia hiburan. Wanita kelahiran 1987 ini lebih memilih kariernya sebagai seorang pengacara.

Aktris cantik ini pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan, dan melanjutkan pendidikan Master di Westminster Britania Raya tahun 2011 silam. Kini, Nadia dikenal publik sebagai seorang pengacara kondang.

 

3. Gilbert Marciano

Gilbert Marciano (Adrian Putra/bintang.com)

Aktor kelahiran 26 September 1988 Gilbert Marciano yang sempat terkenal berkat sinetron 'Inikah Rasanya' rupanya memilih menjadi pengacara.  Kasus yang pernah ia tangani adalah perceraian Sheila Marcia Joseph dengan Kiki Mirano 2016 lalu. Kini, ia memutuskan tidak aktif lagi di dunia entertainment dan memilih profesi baru yakni sebagai seorang pengacara.

4. Maruli Tampubolon

Foto preskon 'Rentan Waktu' program baru Trans 7 (Yunan Laziale/bintang.com)

Maruli Tampubolon merupakan salah satu aktor sekaligus penyanyi Tanah Air. Pria berdarah Batak ini ternyata tak hanya aktif di dunia hiburan, ia ternyata berprofesi sebagai seorang pengacara. Selain itu ia juga mengaku ingin fokus dengan keluarga.

5. Marissa Jeffryna

Artis Ini Pilih Profesi Baru di Bidang Hukum (sumber: marissajeffryna)

Marissa Jeffryna adalah kakak dari Gilbert Marciano. Dia juga merupakan seorang artis yang membintangi beberapa judul film, sinetron, dan presenter. Gilbert mengatakan keinginannya menjadi pengacara justru karena melihat sang kakak yang sudah lebih dulu terjun menjadi pengacara.

6. Dea Tunggaesti

Artis Ini Pilih Profesi Baru di Bidang Hukum (sumber: instagram/deatunggaesti)

Dea Tunggaesti dikenal publik lewat debutnya pada film layar lebar 30 Hari Mencari Cinta tahun 2003 lalu. Kini, artis lulusan Universitas Padjajaran ini menyibukkan diri sebagai seorang pengacara di Tungga Ramli & Partners Law Firm.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Kunci Timnas Indonesia U-22 untuk Bisa Kalahkan Yordania

Posted: 12 Oct 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-22 akan melakoni laga kedua melawan Yordania di CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019, Minggu (13/10/2019). Pasukan Indra Sjafri wajib memetik kemenangan dalam laga tersebut.

Pada laga pembuka, Timnas Indonesia U-22 harus puas menelan kekalahan 0-2 dari China. Secara permainan, Timnas Indonesia U-22 sebenarnya bisa bersaing.

Hal itu dibuktikan pada 45 menit pertama yang berhasil menahan imbang 0-0 China. Namun, pada babak kedua lini pertahanan Timnas Indonesia U-22 kendur sehingga tak mampu mencegah dua gol China.

Melawan Yordania, Timnas Indonesia U-22 dituntut untuk mengeluarkan semangat lebih. Hal itu karena laga diprediksi berlangsung tak akan mudah mengingat Yordania adalah tim yang tangguh dalam kemampuan fisik.

Timnas Indonesia U-22 harus mampu menahan serangan Yordania. Salah satu cara terbaik melawan Yordania adalah bertahan, menghindari permainan terbuka, dan mengandalkan serangan balik.

Untuk mendukung skema tersebut, Indra Sjafri sejatinya tak perlu kebingungan karena memiliki pemain-pemain yang mumpuni. Lantas, siapa saja para pemain tersebut?

Berikut ini 3 senjata ampuh yang dimiliki Timnas Indonesia U-22 untuk mengalahkan Yordania versi Bola.com:

Nurhidayat

Bek Indonesia, Nurhidayat, saat melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga AFC di SUGBK, Jakarta, Rabu (24/10/2018). Indonesia menang 1-0 atas UEA. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nurhidayat adalah salah satu pemain idola Indra Sjafri di lini tengah. Dengan dipindahkannya Rachmat Irianto ke lini tengah, peluang Nurhidayat untuk bermain di Timnas Indonesia U-22 semakin besar.

Pada laga melawan China, Nurhidayat memberikan pengaruh positif dengan mengawal lini belakang Timnas Indonesia U-22. Melawan Yordania nanti, ketangguhan Nurhidayat di lini belakang bakal menjadi penentu kesuksesan Timnas Indoonesia U-22.

Asnawi Mangkualam Bahar

Pemain Timnas Indonesia U-19, Asnawi Mangkualam Bahar (bawah) berebut bola dengan pemain Chinnese Taipei saat laga penyisihan Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (18/10). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Indra Sjafri sudah mengenal Asnawi Mangkualam Bahar sejak di era Timnas Indonesia U-18. Sejak saat itu, pemain PSM Makassar selalu menjadi andalan Indra Sjafri di tim asuhannya.

Asnawi merupakan tipikal gelandang tangguh yang kerap menjadi motor serangan. Kelebihan itulah yang sangat dibutuhkan Timnas Indonesia U-22 untuk mengalahkan Yordania.

Egy Maulana Vikri

Gelandang Indonesia, Egy Maulana Vikri, saat melawan Yordania pada laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat,  Sabtu (13/10/2018). Indonesia menang 3-2 atas Yordania. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Egy Maulana Vikri bisa dibilang menjadi corong permainan Timnas Indonesia U-22. Pelatih Indra Sjafri selalu menggunakan skema di mana arus bola nantinya pasti akan berakhir di kaki Egy.

Skema tersebut sudah terbaca sejak Egy masih bermain di Timnas U-19. Pada laga melawan China, Egy memang tampil baik, namun belum maksimal. Laga melawan Yordania menjadi momentum tepat buat pemain Lechia Gdansk untuk menunjukkan kemampuannya.

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap/ Editor Wiwig Prayugi, Pubished 13/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main-Main ke Sentra Lukisan Pasar Baru, Harga Bisa Dinego

Posted: 12 Oct 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda pernah datang ke Pasar Baru untuk membeli kebutuhan rumah tangga, tentunya sebelum masuk ke pasar pasti melihat jejeran kios-kios pelukis. Jejeran kios itu sudah diresmikan oleh Pemprov DKI Jakarta sejak sekitar 1998 sebagai area Sentra Lukisan JP27 di Bhambu Art Gallery, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Lokasi Sentra Lukisan JP27 sudah direnovasi pada akhir tahun lalu, tepatnya November 2018. Kini, kios-kios pelukis sudah nyaman dan tenda penutup sudah dipasang agar tidak terlalu panas saat matahari menyengat dan tidak terkena basah saat musim hujan.

Pelukis yang tergabung di kawasan tersebut berasal dari berbagai daerah dan berbagai usia. Pelukis tertua berusia 72 tahun bernama Ahmad. Ia bertahan menjadi seorang pelukis di kawasan Pasar Baru sejak 1980an, saat kawasan pelukis saat itu masih mangkal di pinggir-pinggir sungai.

"Sekarang komputer sudah canggih. Ada photoshop dan aplikasi buat edit gambar jadi lebih bagus. Jadi, kalau lukisan kaya gini ya paling dilirik kalau benar-benar butuh," kata Ahmad kepada Liputan6.com pada Jumat, 11 Oktober 2019.

Total ada 29 pelukis yang bergabung dalam Kelompok Pelukis dan Penulis Indonesia (KPPI) Pasar Baru. Jadi, antara satu pelukis dengan pelukis lainnya saling bekerjasama.

Nego Harga Lukisan

Kawasan kios pelukis di Sentra Lukisan Pasar Baru (dok Liputan6.com/Ossid Duha Jussas Salma)

Kalau dilihat kasat mata, kawasan Sentra Lukisan memang tidak ramai. Banyak pejalan kaki yang lewat, tapi tidak melirik apalagi mampir ke kios pelukis di sana.

"Walaupun sepi, berkarya harus tetap jalan," kata Wawan, pemilik kios pelukis nomor 18 saat diwawancarai oleh Liputan6.com pada Jumat, 11 Oktober 2019. Terlihat pelukis tetap mengerjakan lukisan walau tidak ada pesanan.

Ternyata, KPPI Pasar Baru seringkali mendapat pesanan di luar kawasan Sentra Lukisan. Mereka banyak dipesan untuk membuat lukisan 3D di beberapa tempat secara berkelompok, seperti Depok Mall, Ekalos Mall Bogor dan baru-baru ini gambar 3D di kawasan Kota Tua.

Pelukis di sini juga tidak memberikan patokan harga khusus. Setiap kali ada pesanan, pelukis akan menanyakan berapa wajah yang akan digambar dan menanyakan bujet yang dipunya pembeli.

"Kami nggak pernah patokin harga khusus, takutnya pembeli ada yang nggak mampu. Kalau mereka mau pesan dan bujetnya pas sama kita, pasti kita terima aja," kata Wawan menjelaskan proses negosiasi pelukis dengan pembeli. "Tapi rata-rata, pelajar pesan sketsa dengan harga Rp300 ribu sampai Rp500 ribu," kata Wawan menambahkan. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekerja Bangunan Tewas Ditikam di Wamena

Posted: 12 Oct 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pekerja bangunan tewas ditikam oleh orang tidak dikenal di Wamena, Papua, Sabtu 12 Oktober 2019. Berdasarkan informasi, hal itu terjadi saat korban melintas di dekat Jembatan Woma, Kota Wamena.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan pekerja bangunan yang tewas tersebut bernama Deri Datu Padang (30), warga asal Toraja, Sulawesi Selatan. Dia diketahui sedang mengerjakan fasilitas kamar mandi sebuah rumah ibadah di Woma, Wamena.

"Ada saudara-saudara kita yang baru mengerjakan kamar mandi gereja katolik di Woma itu yang menjadi korban. Kampung Woma itu terletak di seberang jembatan yang menjadi lokasi utama kerusuhan pada 23 September 2019," kata Paulus di Timika, seperti dilansir Antara, Minggu (13/10/2019).

Paulus mengatakan, wilayah Woma dan sekitarnya memang cukup rawan. Lokasi tersebut sebenarnya padat dengan ruko dan pusat usaha ekonomi lainnya. Namun, kini hanya tinggal puing akibat kerusuhan pada Senin 23 September 2019 lalu.

"Saya sudah tiba di situ, memang di situ agak sedikit tertutup masyarakatnya dan tampaknya kemarin yang melakukan kekerasan terhadap ruko-ruko yang ada di sekitar Woma itu, ya, kelompoknya mereka (pelaku penikaman pekerja bangunan) itu," jelas dia.

Lebih lanjut, Paulus menduga bahwa pelaku penikaman pekerja bangunan di Woma itu merupakan anak-anak muda yang tidak memiliki pekerjaan jelas.

"Itu anak-anak yang free man, yang hidupnya mau enak saja, tidak mau bekerja, hanya mau mengganggu yang lain. Mau dapat hasil yang banyak dengan cara-cara yang tidak benar," ujar Paulus.

Paulus menegaskan, jajarannya akan mengusut tuntas kasus penikaman tersebut. Dia pun bersama Pangdam XVII Cenderawasih berkonsolidasi Minggu siang ini. Seluruh kekuatan personel TNI Polri akan siaga melakukan patroli, razia senjata tajam, maupun senjata api, serta menempatkan anggota pada pos-pos yang akan dibuka di sekitar Wamena.

"Itu menjadi tugas kami untuk ungkap pelakunya. Hari ini juga saya akan berangkat menuju Wamena. Bapak Pangdam XVII Cenderawasih (Mayjen TNI Herman Asaribab) sudah lebih dahulu tiba di Wamena pagi ini. Saya juga mengutus Direskrim Umum Polda Papua dengan penyidiknya untuk membantu pengusutan kasus itu," Paulus menandaskan.

 

Ditikam Sepulang Kerja

Kasus penikaman itu terjadi saat korban, Deri Datu Padang, bersama lima rekan lainnya berboncengan menggunakan empat unit sepeda motor. Mereka kembali dari lokasi kerja di depan Gereja Katolik Paroki Woma, menuju Kota Wamena.

Ketika sampai di depan Jembatan Woma, korban yang tepat berada pada iring-iringan paling depan, tiba-tiba ditikam oleh orang tidak dikenal berjumlah dua orang. Pelaku merupakan pria dewasa yang mengenakan baju merah dan satunya lagi masih remaja.

Setelah menikam korban, keduanya melarikan diri ke arah kuburan lama. Sementara korban yang terjatuh dari motor, berusaha bangkit dan mengendarai kembali dengan kondisi pisau masih tertancap di perut.

Korban kemudian melapor di Pos Brimob, dekat Pasar Woma, dan dilarikan ke RSUD Wamena. Hanya saja, kondisi korban makin kritis karena mengalami pendarahan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Rumah Mewah Tukul Arwana, Ada Kebun Singkongnya

Posted: 12 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal artis Tanah Air Tukul Arwana? Sosok pria kelahiran 16 Oktober 1963 ini dikenal sebagai pelawak sekaligus presenter yang punya pembawaan kocak. Meski kental dengan rasa humor, Tukul selalu menumbuhkan keseriusan dalam berkarya.

Perjalanan kariernya untuk mencapai kesuksesan tak cukup mudah. Sebelum menjadi terkenal, pelawak yang satu ini sempat bekerja sebagai supir angkot. Kini, Tukul Arwana berhasil mengubah keadaan ekonominya dan menjadi salah satu artis terkaya di Indonesia.

Seperti diketahui, pemilik nama asli Tukul Riyanto cukup lama terjun di dunia entertainment. Ia juga merambah ke dunia bisnis dan menjadi juragan kos-kosan.

Berkat kerja kerasnya selama ini, kini Tukul menuai hasil dan tinggal di hunian yang mewah. Ia memiliki memiliki rumah dengan ukuran yang luas. Selain itu, terdapat beberapa tanaman seperti pohon durian dan kebun singkong.

Meski begitu, ia tetap menjadi sosok yang sederhana. Berikut potret rumah Tukul Arwana yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (13/10/2019).

1. Begini potret rumah Tukul Arwana tampak depan. Megah dan elegan dengan dominasi warna krem.

Rumah Tukul Arwana (Sumber: Youtube/Alvin&Friends)

2. Ruang tamu Tukul Arwana, tampak klasik dengan kursi bergaya vintage.

Rumah Tukul Arwana (Sumber: Youtube/Rumah Seleb MNCTV)

3. Begini potret lebih jelasnya ruang TV Tukul Arwana. Di ruang ini, ia biasanya tidur dengan beralaskan karpet.

Rumah Tukul Arwana (Sumber: Youtube/Rumah Seleb MNCTV)

4. Rumah pelawak ini juga terdapat kolam renang yang luas.

Rumah Tukul Arwana (Sumber: Youtube/Rumah Seleb MNCTV)

5. Di rumah Tukul terdapat berbagai jenis tanaman seperti kebun singkong dan pohon durian.

Rumah Tukul Arwana (Sumber: Youtube/Rumah Seleb MNCTV)

6. Tukul Arwana juga memiliki meja makan yang nyaman dan besar.

Rumah Tukul Arwana (Sumber: Youtube/Rumah Seleb MNCTV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Persib Kecewa Laga Lawan Persebaya Terusir dari Bandung

Posted: 12 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Bek sayap Persib Bandung Ardi Idrus mengaku kecewa lantaran lokasi pertandingan kandang melawan Persebaya Surabaya dipindah ke Bali. Meski demikian, dia meminta agar rekan-rekannya fokus pada pertandingan dan meraih kemenangan.

Pertandingan antara Persib vs Persebaya terpaksa digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, pada Jumat (18/10/2019). Hal itu dikarenakan laga di Bandung tidak mendapat izin keamanan.

"Sebagai pemain saya tidak bisa bicara lebih karena saya sendiri fokus untuk main di manapun. Tapi kalau secara pribadi saya merasa kecewa karena kita butuh poin," kata Ardi, Sabtu (12/10/2019).

Ardi lebih jauh mengatakan, peringkat Persib saat ini belum aman. Sehingga kemenangan sangat diperlukan agar Maung Bandung naik ke posisi yang lebih tinggi.

"Persib kita tahu sendiri sekarang belum aman. Poinnya pun sama yang di bawah, hanya beda tipis. Jadi kalau kita kehilangan poin mau itu di Bali atau di manapun itu sangat tidak bagus. Saya sebagai pemain harus tetap fokus," ucapnya.

Pemain bernomor punggung 3 ini berharap Bobotoh tetap datang mendukung langsung walaupun bermain jauh dari kandang sendiri.

 

Siap Lawan Persebaya

Terkait kekuatan Persebaya, pemain asal Ternate ini mengaku sudah tahu dengan permainan tim berjulukan Bajul Ijo tersebut.

"Kami sudah lihat kekuatan Persebaya saat melawan Borneo yang bisa mengimbangi dan tentunya kami ingin menang di Bali. Yang jelas berapapun skornya, kami butuh poin tiga," pungkas Ardi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Masih Dibangun, Hotel Hard Rock New Orleans Runtuh

Posted: 12 Oct 2019 09:15 PM PDT

Gambar udara memperlihatkan bangunan Hard Rock Hotel yang tengah dibangun runtuh di pusat kota New Orleans, Sabtu (12/10/2019). Robohnya proyek hotel Hard Rock menyebabkan puing-puing menutupi jalanan sekitar proyek. (AP Photo/Gerald Herbert)

Gambar udara memperlihatkan bangunan Hard Rock Hotel yang tengah dibangun runtuh di pusat kota New Orleans, Sabtu (12/10/2019). Robohnya proyek hotel Hard Rock menyebabkan puing-puing menutupi jalanan sekitar proyek. (AP Photo/Gerald Herbert)

Gambar udara memperlihatkan bangunan Hard Rock Hotel yang tengah dibangun runtuh di pusat kota New Orleans, Sabtu (12/10/2019). Media lokal setempat mengatakan, 3 orang lainnya hilang dan anjing penyelamat dikerahkan untuk mencari korban. (AP Photo/Gerald Herbert)

Gambar udara memperlihatkan bangunan Hard Rock Hotel yang tengah dibangun runtuh di pusat kota New Orleans, Sabtu (12/10/2019). Media lokal setempat mengatakan, 3 orang lainnya hilang dan anjing penyelamat dikerahkan untuk mencari korban. (AP Photo/Gerald Herbert)

Puing-puing menggantung setelah bangunan Hard Rock Hotel yang tengah dibangun runtuh di pusat kota New Orleans, Sabtu (12/10/2019).  Meski banyak korban luka, tidak ada laporan korban dari pejalan kaki atau pengendara di jalan. (AP Photo/Gerald Herbert)

Puing-puing menggantung setelah bangunan Hard Rock Hotel yang tengah dibangun runtuh di pusat kota New Orleans, Sabtu (12/10/2019). Meski banyak korban luka, tidak ada laporan korban dari pejalan kaki atau pengendara di jalan. (AP Photo/Gerald Herbert)

Hotel Hard Rock yang sedang dalam pembangunan di New Orleans ambruk, Sabtu (12/10/2019). Beberapa blok di sekitar area dan jalan-jalan sekitarnya telah ditutup karena derek yang melekat pada bangunan tidak stabil dan bisa runtuh pula. (Emily Kask/30238387A/AFP)

Hotel Hard Rock yang sedang dalam pembangunan di New Orleans ambruk, Sabtu (12/10/2019). Beberapa blok di sekitar area dan jalan-jalan sekitarnya telah ditutup karena derek yang melekat pada bangunan tidak stabil dan bisa runtuh pula. (Emily Kask/30238387A/AFP)

Puing-puing menggantung setelah bangunan Hard Rock Hotel yang tengah dibangun runtuh di pusat kota New Orleans, Sabtu (12/10/2019).  Para kru di lokasi sedang mengerjakan pembangunan Hard Rock Hotel yang baru dengan 350 kamar. (AP Photo/Gerald Herbert)

Puing-puing menggantung setelah bangunan Hard Rock Hotel yang tengah dibangun runtuh di pusat kota New Orleans, Sabtu (12/10/2019). Para kru di lokasi sedang mengerjakan pembangunan Hard Rock Hotel yang baru dengan 350 kamar. (AP Photo/Gerald Herbert)

Hotel Hard Rock yang sedang dalam pembangunan di New Orleans ambruk, Sabtu (12/10/2019). Hingga saat ini belum jelas penyebab dari runtuhnya bangunan tersebut. (Emily Kask/30238387A/AFP)

Hotel Hard Rock yang sedang dalam pembangunan di New Orleans ambruk, Sabtu (12/10/2019). Hingga saat ini belum jelas penyebab dari runtuhnya bangunan tersebut. (Emily Kask/30238387A/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Ajak Sejumlah Bupati Bahas Masa Depan Papua

Posted: 12 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Solidaritas Masyarakat Papua yang terdiri dari Kagama, Ikatan Alumni (IKA) ITS dan Universitas Cendrawasih menggelar acara galang dana dan senam bersama di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan sejumlah pejabat dari Papua dan Papua Barat.

Mereka yakni Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakatoni, Bupati Yahukimo Abock Busup, Bupati Fakfak Mohammad Uswanas, Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu.

Usai menjalani senam pagi, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakatoni menjelaskan bahwa pihak pejabat Papua-Papua Barat akan melakukan rapat koordinasi bersama dengan Kemenhub.

"Untuk bicara tentang kebijakan-kebijakan dalam rangka membangun berbagai prasarana perhubungan yang ada di Papua dan Papua Barat," tutur Lakatoni di lokasi.

"(Senam pagi) ini juga sesuatu yang saya kira baik, membangun kebersamaan. Dari Pulau Jawa ada Kagama dan ITS, lalu kemudian dari Papua ada Universitas Negeri Cendrawasih," lanjutnya.

Dia menjelaskan, rapat koordinasi ini dimaksudkan sebagai kerjasama untuk memastikan masa depan Papua. Menurutnya, selain itu pihak masyarakat Papua dan Papua Barat juga akan terus bersinergi untuk membangun Indonesia secara keseluruhan.

Lakatoni mengatakan, pemerintah pun sudah punya rencana untuk membangun berbagai bandara dan pelabuhan di Papua dan Papua Barat.

"Kita sore ini siang ini akan merapatkan Bandara Jayapura, Wamena, Yahukimo, Fakfak, Raja Ampat, Sorong, semua kita bahas supaya kita memastikan konektivitas itu bisa dilaksanakan," ungkapnya.

 

 

Dana Bantuan

Menhub Budi Karya memimpin rakor Progres pembangunan sarana dan prasarana transportasi di Manokwari dan di wilayah Papua Barat.Dok Kemenhub

Bupati Yahukimo, Abock Busup menambahkan, beberapa kabupaten di Papua juga akan mendapatkan program dari pihak pemerintah untuk membangun lapangan perintis.

"Yahukimo itu 132 lapangan perintis dan orang Pak Menterinya cukup bagus, luar biasa, ada 17 lapangan terbang yang mendapatkan pesawat perintis. Harga tiket tadinya kami charter 35 juta, tapi sekarang sudah dapat 400 rupiah untuk ke distrik dan kabupaten," ujar Abock.

"Kami sudah menggunakan pesawat perintis ini menjadi fokus pokok utama kami, sehingga kami datang ke sini untuk terutama seluruh Kabupaten Papua untuk mewakili seluruh Papua," dia mengakhiri.

Selain itu, dari acara ini terkumpul dana sumbangan 'Peduli Wamena Papua' sebesar Rp 1,5 miliar. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemudian menyerahkan simbolisasi dana sumbangan ini kepada Bupati Yahukimo, Abock Busup.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Popsivo Awali Livoli Divisi Utama 2019 dengan Kemenangan atas JWS

Posted: 12 Oct 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang- PGN Popsivo Polwan mengawali Livoli Divisi Utama 2019 dengan gemilang. Di laga pertama Grup Y, Amalia Fajrina dan kawan-kawan sukses menggebuk JWS Sulut dengan 3-0 (25-13, 25-15 25-22), Minggu (13/10/2019), di GOR Tangerang.

Sejak awal pertandingan, tim asuhan Octavian ini memang tak kesulitan mengatasi lawannya. Baru di set ketiga JWS memberi perlawanan sengit.

Tasya Apriliia dan kawan-kawan bahkan sempat beberapa kali unggul. Popsivo pun harus bekerja lebih keras untuk akhirnya bisa menutup set ketiga dengan 25-22.

Popsivo akan kembali tampil di Livoli Divisi Utama 2019 pada Rabu (15/10) menghadapi TNI AL. Sehari sebelumnya, JWS berhadapan dengan Kharisma Bandung.

Setelah Popsivo vs JWS di laga kedua Livoli Divisi Utama 2019, akan tampil di kategori putra. Tim kuat TNI AU akan berhadapan dengan Yuso Yogyakarta.

 

 

Putra

Ilustrasi Bola Voli (sportskeeda.com)

Selain Popsivo, JWS, TNI AL, dan Kharisma, ajang ini juga diikuti TNI AU, Vita Solo dan juara bertahan Bank Jatim.

Sementara di kategori putra selain TNI AU dan Yuso, hadir juga TNI AL, Singapore VC, Berlian Bank Jateng, Indomaret Sidoardjo, dan juara bertahan Bhayangkara Samator Surabaya.

Dibuka Siang Ini

Ilustrasi Bola Voli (observator.ro)

Ajang Livoli Divisi Utama 2019 ini sendiri akan secara resmi dibuka pukul 14.00 WIB siang ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Zipaquira, Katedral Garam di Kolombia

Posted: 12 Oct 2019 09:06 PM PDT

Gambar pada Agustus 2019 memperlihatkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota. Zipaquira menjadi tujuan wisata dan tempat ziarah yang terkenal di Kolombia dan dianggap sebagai salah satu tempat suci Katolik yang paling terkenal di dunia. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 memperlihatkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota. Zipaquira menjadi tujuan wisata dan tempat ziarah yang terkenal di Kolombia dan dianggap sebagai salah satu tempat suci Katolik yang paling terkenal di dunia. (JUAN BARRETO/AFP)

Wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota, Kolombia pada Agustus 2019. Katedral garam biasanya dikunjungi jemaat sebanyak 3.000 pengunjung pada hari Minggu, namun katedral itu tidak memiliki uskup dan status resmi sebagai Katedral dalam Katolik. (JUAN BARRETO/AFP)

Wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota, Kolombia pada Agustus 2019. Katedral garam biasanya dikunjungi jemaat sebanyak 3.000 pengunjung pada hari Minggu, namun katedral itu tidak memiliki uskup dan status resmi sebagai Katedral dalam Katolik. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 menujukkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota, ibu kota Kolombia. Katedral itu juga dilengkapi dengan berbagai kafe, restoran, dan toko-toko souvenir di sepanjang lorong gua yang disediakan bagi pengunjung umum. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 menujukkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota, ibu kota Kolombia. Katedral itu juga dilengkapi dengan berbagai kafe, restoran, dan toko-toko souvenir di sepanjang lorong gua yang disediakan bagi pengunjung umum. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 menujukkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota, ibu kota Kolombia. Arsitektur gua di bawah memiliki tiga bagian yang menggambarkan kelahiran, kehidupan, dan kematian Yesus. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 menujukkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota, ibu kota Kolombia. Arsitektur gua di bawah memiliki tiga bagian yang menggambarkan kelahiran, kehidupan, dan kematian Yesus. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 memperlihatkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota, ibu kota Kolombia. Katedral garam Zipaquira adalah gereja Katolik Roma bawah tanah yang dibangun di dalam terowongan tambang garam sedalam 200 meter. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 memperlihatkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota, ibu kota Kolombia. Katedral garam Zipaquira adalah gereja Katolik Roma bawah tanah yang dibangun di dalam terowongan tambang garam sedalam 200 meter. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 menunjukkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota. Zipaquira menjadi tujuan wisata dan tempat ziarah yang terkenal di Kolombia dan dianggap sebagai salah satu tempat suci Katolik yang paling terkenal di dunia. (JUAN BARRETO/AFP)

Gambar pada Agustus 2019 menunjukkan wisatawan mengunjungi Katedral garam Zipaquira di 45 km sebelah utara Bogota. Zipaquira menjadi tujuan wisata dan tempat ziarah yang terkenal di Kolombia dan dianggap sebagai salah satu tempat suci Katolik yang paling terkenal di dunia. (JUAN BARRETO/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Video Prank, Anak Uya Kuya Cekcok dengan Pengunjung Restoran

Posted: 12 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sydney Agusto Putra Utama, anak laki-laki Uya Kuya yang akrab disapa Nino Kuya membuat chanel YouTube yang berisikan eksperimen sosial lewat prank. Yang terbaru Nino membuat video prank dengan membeli iPhone seharga Rp 11 juta, dan disukai oleh warganet dan sempat menjadi trending topic.

Namun di balik kesuksesan video prank tersebut, ternyata ada permasalah yang dihadapi anak bungsu Uya Kuya. Sebab di prank berikutnya, ia berseteru dengan pengunjung mall karena mengganggu mereka makan.

Meski sudah menjelaskan hal yang dilakukannya hanyalah prank, namun bapak tersebut tak terima dan makin emosi. Takut dengan ancaman, akhirnya Nino melapor ke Uya Kuya.

"Terus Nino bilang ini prank, makin marah(orangnya), 'Sampai ini tayang, saya cari kamu' keluar tuh semua orang ngelihatin," ujar Uya Kuya ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Sabtu (12/10/2019).

Panik

Nino Kuya (Sumber: Instagram/@nino_kuya)

Uya kuya menjelaskan Nino sempat panik. Meskipun pihak restoran ikut mendamaikan keduanya dan meminta maaf atas kejadian yang tidak mengenakkan itu.

"Nino ngedrop terus gue diteleponin, diceritain. Terus manajer restoran turun tangan minta maaf, tapi nggak papa," jelas Uya.

Tak Tayang

(Instagram/king_uyakuya)

Karena kejadian tersebut, Uya Kuya memastikan video prank tersebut tidak akan tayang di chanel YouTube Nino demi kenyamanan bersama.

"Enggak akan tayang pastinya," kata Uya Kuya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komitmen Indonesia Jaga Perdamaian Dunia Diakui Komunitas Internasional

Posted: 12 Oct 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Beirut - Perhatian ratusan hadirin tersedot oleh penampilan seni budaya Indonesia yang dipersembahkan pada Kegiatan Resepsi Diplomatik KBRI Beirut, Senin 7 Oktober 2019 malam waktu setempat di Hotel Phoenicia, Lebanon.

Lima pesilat dengan semangatnya memperagakan gerakan-gerakan yang indah namun bertenaga membuat decak kagum para penonton yang menikmatinya.

Selain itu, tarian dari Aceh alias tari saman yang dipersembahkan mahasiswa turut memeriahkan suasana. Kekompakan, kecepatan gerakan dan keakuratan gerak tubuh dan semangat para penari menjadi andalan penampilan seninya dan membuat para penonton terpukau dengan keahlian penari dalam memainkan tarian yg merupakan warisan budaya leluhur Indonesia.

Tidak kalah semaraknya, penampilan rampak gendang, angklung yang dikombinasikan secara apik dengan alunan band dari anggota TNI yang tergabung dalam MTF-UNIFIL KRI Sultan Hasanuddin 366 juga menjadikan puncak acara resepsi diplomatik malam itu sangat meriah.

KBRI Beirut menyelenggaraan resepsi diplomatik sebagai suatu rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT kemerdekaan RI ke-74, di Hotel Phoenicia Beirut Lebanon, senin 7 Oktober malam waktu setempat.

Pada saat menyampaikan sambutannya, Duta Besar RI untuk Lebanon, Hajriyanto Y. Thohari, menyampaikan komitmen Indonesia dalam mendorong dan menjaga perdamaian dunia baik melalui mekanisme bilateral maupun di forum internasional, telah diakui dunia, antara lain dengan terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019 – 2020.

Hal tersebut merupakan kepercayaan atas prestasi yang telah ditorehkan Indonesia serta kemampuan dalam mengatasi berbagai permasalahan keamanan dunia saat ini. Selain itu, upaya menjaga perdamaian juga diwujudkan dengan pengiriman pasukan penjaga perdamaian Kontingen Garuda ke berbagai wilayah, termasuk di bawah kerangka UNIFIL.

Duta Besar RI juga menekankan komitmen Indonesia sebagai negara sahabat Lebanon yang akan senantiasa berdiri, bahu-membahu untuk meningkatkan jalinan hubungan bilateral dalam berbagai bidang, baik politik-kemanan, ekonomi, maupun sosial-budaya.

"Sehingga Indonesia dan Lebanon dapat maju bersama-sama dan sama-sama menjadi bangsa yang besar," jelas Duta Besar Hajriyanto seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Minggu (13/11/2019).

Harapan

Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Ke depan, Duta Besar RI juga berharap bahwa hubungan antar masyarakat dari kedua negara dapat didorong agar satu sama lain lebih saling mengenal dan dapat berbagi pengalaman terbaik untuk meraih kemajuan bagi kedua negara.

Dalam resepsi diplomatik tersebut, kehadiran Presiden Lebanon diwakili oleh Menteri Kebudayaan, Muhammad Dawoud; Ketua Parlemen diwakili oleh Anggota Parlemen Mohammad al-Hajjar;  Perdana Menteri diwakili oleh Anggota Parlemen Dima Jamali;.

Hadir pula perwakilan pimpinan tertinggi UNIFIL (Force Commander) Gen Stevano Del Col, para anggota Parlemen Lebanon, para Duta Besar, pimpinan universitas, kalangan diplomatik, pengusaha, dan dari kalangan lainnya.

Pada kesempatan ini juga, Dubes RI menyerahkan potongan tumpeng  kepada Tamu-tamu kehormatan (guest of honour) sebagai tanda rasa syukur Indonesia dalam membina hubungan baik dengan pihak Lebanon.

Kagum

Gedung Pancasila dan Ilustrasi Bendera Indonesia (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ahmad Juhairi salah satu undangan menyatakan kekagumanya atas penampilan seni dan budaya indonesia, dia mengharapkan penampilan seperti ini, dapat dilakukan pada momen-momen acara di berbagai tempat di lebanon untuk bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat lebanon lainnya.

Dalam sejarah, hubungan bilateral dengan Lebanon dimulai dengan diumumkannya pengakuan de-jure atas negara Republik Indonesia oleh Presiden Lebanon, Bechara El-Khoury pada tanggal 29 Juli 1947.

Sementara itu, hubungan diplomatik kedua negara telah dirintis sejak dekade 50-an dengan mengakreditasikan Duta Besar Rl di Kairo untuk merangkap Lebanon, dan sejak tahun 1996 Kedutaan Besar RI resmi berdiri di Beirut. Nilai sejarah yang tinggi tersebut menjadi dasar bagi KBRI Beirut dalam menjalankan misi diplomatiknya.​

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangdam Hasanuddin Minta Prajurit Bimbing Sang Istri untuk Kendalikan Jari-Jarinya

Posted: 12 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen Surawahadi mengimbau kepada prajurit dan masyarakat agar bijak menggunakan media sosial.

"Imbauan untuk istri-istrinya sekali lagi kendalikan jarinya masing-masing, jangan mudah terpengaruh untuk membuat hal-hal yang mungkin dapat membuat orang tersinggung. Dan sekali lagi nanti dianggap mencemarkan nama baik," kata Pangdam Hasanuddin, sebelum Sertijab Dandim 1417 Kendari, di Aula Sudirman Korem 143 Haluoleo, Sabtu (12/10/2019).

Selain itu, Pangdam juga mengingatkan, seorang prajurit TNI harus mampu membimbing istri dan keluarganya.

"Ketaatan Sumpah Prajurit harus membimbing istrinya, dari ketaatan itu di tentara tidak ada tawar menawar, kalau istrinya atau anaknya bermasalah pasti orang tuanya juga terbawa," kata Pangdam.

Jabatan Komandan Distrik Militer 1417 Kendari, Sulawesi Tenggara diserahterimakan dari Kol Kavaleri Hendi Suhendi kepada Kol Infanteri Alamsyah di Aula Sudirman Korem 143 Haluoleo.

Pergantian puncuk Komando Distrik Militer 1417 Kendari terkesan mendadak, menyusul keputusan hukuman dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa yang memberhentikan Hendi Suhendi.

Kol Hendi Suhendi diberhentikan karena unggahan oleh istrinya berinisial IPDN terkait insiden penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Pandeglang, Banten.

Seremoni serah terima jabatan Komandan Distrik Militer 1417 Kendari yang dilangsungkan di Aula Sudirman Korem 143 Haluoleo turut dihadiri jajaran kodim se-Sultra, perwira Korem 143 Haluoleo, jajaran Danramil, Komandan Batalion 725 Woroagi, anggota dan pengurus Persit. Komandan Resor Militer 143 Haluoleo Kol Infanteri Yustinus Nono Yulianto mengatakan mutasi komandan lingkup Tentara Nasional Indonesia (TNI) hal yang lumrah.

"Pergantian Komandan Distrik Militer 1417 Kendari patut menjadi pelajaran berarti bagi prajurit maupun istri prajurit. Apa yang menimpa mantan Dandim Kendari Hendi Suhendi merupakan keputusan final pimpinan," kata Danrem Yustinus.

Hendi Suhendi yang baru menjabat sekitar tiga bulan menggantikan Letkol Fajar Lutvi Haris Wijaya mendadak diberhentikan dari jabatan karena melanggar Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer.

Selain dijatuhi hukuman disiplin pemberhentian dari jabatan Komandan Kodim 1417 Kendari, Hendi Suhendi juga diganjar sanksi militer berupa penahanan ringan selama 14 hari.

Sedangkan istri Kol Hendi Suhendi berinisial IPDN yang melakukan unggahan melalui media sosial berkonsekuensi menjalani proses peradilan umum atas dugaan melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Terpuruknya MU Musim Ini Menurut Robson

Posted: 12 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) meraih hasil buruk di awal musim 2019-2020. Setan Merah harus puas terbenam di posisi 12 klasemen sementara Liga Inggris.

Dari delapan pertandingan yang dilakoni, MU baru mendapat sembilan poin saja. MU sudah tertinggal 15 poin dari pemuncak klasemen Liga Inggris Liverpool.

Hasil negatif ini membuat manajer Ole Gunnar Solskjaer terancam pemecatan. Fans MU mulai kecewa dengan kinerja pelatih berkebangsaan Norwegia itu.

Namun legenda MU Bryan Robson membela Solskjaer. Robson menilai MU terpuruk bukan sepenuhnya salah Solskjaer. Dimata Robson, The Red Devils terpuruk akibat kesalahan kebijakan di bursa transfer musim panas 2019.

"Saya pikir satu-satunya kesalahan MU sejauh ini adalah membiarkan terlalu banyak pemain berpengalaman pergi," ujar Robson kepada Mirror.

"Romelu Lukaku (ke Inter Milan), Alexis Sanchez (Inter) Ander Herrera (Paris Saint Germain), Chris Smalling (AS Roma), Ini adalah pemain yang sangat berpengalaman. Dalam situasi ini, alih-alih anak-anak, Anda membutuhkan tipe pemain berpengalaman itu untuk memantapkannya.

 

 

Pemimpin

Logo Manchester United (Liputan6.com/Sangaji)

Kepergian Lukaku, Herrera, Alexis dan Smalling membuat MU kehilangan figur pemimpin di dalam lapangan. Situasi ini dinilai Robson mempengaruhi kinerja tim.

"Orang-orang berbicara mengenai pemimpin dan setiap klub membutuhkannya. Apakah itu gelandang tengah atau bek tengah yang dominan. Anda perlu pemimpin untuk mengatur di dalam lapangan. MU mencari tipe pemain seperti ini," tegas Robson.

Kapten Young

Di musim 2019-2020, Solskjaer menunjuk winger Ashley Young sebagai kapten baru MU. Musim lalu, Antonio Valencia yang memegang ban kapten. Valencia memilih pulang kampung musim panas lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Cicipi Makanan Terlalu Panas, Pria Meninggal karena Tenggorokan Terbakar

Posted: 12 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di Inggris meninggal usai mengonsumsi makanan yang terlalu panas. Diketahui, fishcake itu membuat tenggorokannya terbakar hingga menghentikan napasnya.

Pada 4 April lalu, Darren Hickey diberi sebuah fishcake untuk dicicipi oleh seorang koki dalam sebuah tempat pernikahan. Namun, karena terlalu panas, makanan tersebut membakar tenggorokannya dan membuat kondisinya semakin memburuk hingga sore.

Hickey akhirnya mengunjungi perawatan darurat di Chorley Hospital, Lancashire. Pria asal Bolton ini hanya diberikan obat penghilang rasa sakit dan diperbolehkan pulang.

Dilansir dari Independent pada Minggu (12/10/2019), pembengkakan di tenggorokan pria 51 tahun itu makin parah. Hingga temannya, Neil Parkinson, menemukannya tersedak.

"Saya menepuk punggungnya tapi dia merosot ke depan ke lantai," kata Parkinson.

Kerusakan Tenggorokan yang Sulit Dideteksi

Ilustrasi Meninggal Misterius (iStockphoto)

Dia sempat dibawa ke Royal Bolton Hospital. Namun kurang dari 12 jam usai memakan fishcake tersebut, dia dinyatakan meninggal dunia.

Pemeriksaan menyatakan bahwa kematian Hickey diakibatkan oleh asfiksia atau mengalami gangguan pada pengangkutan oksigen.

Patrick Waugh, ahli patologi yang melakukan pemeriksaan post-mortem mengatakan bahwa kasus semacam ini sangatlah jarang. Umumnya, kejadian tersebut ditemukan pada orang yang menghirup asap dalam kebakaran rumah yang membakar saluran udara.

"Pasien bisa terlihat baik, mereka bisa bicara dengan Anda, tetapi kemudian pembengkakannya dimulai," kata Waugh.

Petugas koroner mengatakan, karena kerusakan pada tenggorokannya yang sangat dalam, maka hal itu sulit dilihat tanpa prosedur dari spesialis. Selain itu, sedikitnya tanda terbakar yang ada di mulut dan lidah juga membuat mereka kesulitan menemukan kerusakannya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi Digital Jadi Senjata Tarik Investor Asing ke Indonesia

Posted: 12 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara turut senang dengan perkembangan ekonomi digital di Tanah Air saat ini. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi senjata guna memancing investor asing agar mau menanamkan modalnya di Indonesia.

Dia menyampaikan, laporan menunjukan bahwa ekonomi digital Indonesia setiap tahunnya terus upgrade. Itu turut mendongkrak keyakinan dari para investor, baik lokal maupun internasional, untuk mau berinvestasi di pasar dalam negeri di tengah situasi perekonomian global yang tidak menentu.

"Ini penting. Kenapa? Ekonomi Indonesia ini dan dunia secara umum itu mulai kontraksi. Karena pertumbuhannya diproyeksikan tidak mencapai sesuai yang diharapkan dari semula," seru dia di Jakarta, seperti dikutip Minggu (13/10/2019).

"Justru ekonomi digital yang kita dorong untuk kemudahan investasi. Confidence dari investor internasional terutama itu meningkat di ekonomi digital. Despite kita secara ekonomi keseluruhan masuk ke era kontraksi," sambungnya.

Rudiantara juga turut senang dengan pencapaian 5 startup lokal yang kini telah berstatus sebagai unicorn, yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Ovo, dan Gojek.

 

Ada 1 Unicorn Lagi

Tren eCommerce

Dia lantas berharap, bakal ada perusahaan startup lainnya yang memiliki nilai valuasi diatas USD 1 miliar pada akhir tahun nanti.

"Artinya proyeksi yang dibuat dulu oleh pemerintah beserta teman-teman ekosistem untuk 5 unicorn Alhamdulillah sudah tercapai. Harapannya akhir tahun nambah lagi. Bahkan bonusnya sudah ada decacorn satu (Gojek)," ujar dia.

Keberhasilan lima perusahaan itu disebutnya terbantu oleh peran serta investor, yang menilai pasar persaingan startup di Indonesia berjalan kondusif serta punya potensi besar.

"Mereka merasa bahwa ekosistemnya sangat kondusif, sangat menunjang. Kemudian juga kompetisinya bagus. Pasar Indonesia dengan 270 juta masyarakat tidak bisa dilayani sepenuhnya hanya oleh segelintir atau sedikit sistem pembayaran yang ada sekarang," tuturnya.

Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi di ASEAN

Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk

Indonesia terpantau menjadi lokasi yang seksi bagi pertumbuhan ekonomi digital. Berdasarkan laporan Temasek, ekonomi digital Indonesia tahun ini mencetak USD 40 miliar atau Rp 556,6 triliun (USD 1 = Rp 14.166).

Angka pertumbuhan ekonomi digital merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara tahun ini, mengalahkan Thailand (USD 16 miliar), Singapura (USD 12 miliar), Vietnam (Rp 12 miliar), Malaysia (USD 11 miliar), dan Filipina (USD 7 miliar).

Pada tahun 2025, ekonomi digital Indonesia pun akan terus meroket hingga USD 133 miliar. Angka itu jauh di atas runner-up di ASEAN, yakni Thailand dengan ekonomi digital sebesar USD 50 miliar di tahun 2025.

"Kami melihat banyak potensi dalam ekonomi digital Indonesia. Populasi anak muda digital native yang sangat aktif menjadi faktor kunci dalam perkembangan ekonomi mereka," ujar Rohit Sipahimalani, Joint Head, Investment Group, Temasek di Google Indonesia, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Pertumbuhan sektor ekonomi digital Indonesia ditopang oleh e-commerce yang dalam empat tahun tumbuh 12,3 kali lipat menjadi USD 21 miliar. Pada tahun 2025 pertumbuhannya bisa mencapai USD 82 miliar.

Pertumbuhan pesat juga ada di sektor ride-hailing yang pada tahun 2015 nilainya masih USD 900 juta tetapi tahun ini mencapai USD 6 miliar. Pada tahun 2025 diprediksi akan menjadi USD 18 miliar.

"E-commerce dan ride-hailing terutama memberikan daya yang kuat, ditambah dengan adanya kompetisi antara pemain Indonesia dan regional. Semua sektor juga mendapat untung dari tumbuhnya adopsi pembayaran digital," tulis laporan e-Conomy SEA 2019 yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Company.

Pertumbuhan signifikan lain adalah online travel yang tumbuh dua kali lipat pada empat tahun terakhir menjadi USD 10 miliar. Online travel juga diprediksi tumbuh 2,5 kali lipat menjadi USD 25 miliar.

Online media di Indonesia juga akan makin kuat, yakni mencakup iklan digital, game, serta langganan musik dan video. Tahun ini online media tumbuh menjadi USD 10 miliar dan akan makin kuat menjadi USD 25 miliar pada tahun 2025.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oppo Reno Ace Hadir dengan Snapdragon 855+ dan Pengisian Daya Supercepat

Posted: 12 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Oppo kembali menambah model terbaru untuk lini Reno. Hal itu dipastikan setelah perusahaan asal Tiongkok tersebut merilis Oppo Reno Ace.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (13/10/2019), smartphone ini masuk ke dalam kategori perangkat flagship. Sebab, Reno Ace hadir dengan spesifikasi mumpuni dan kemampuan teranyar besutan Oppo.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah debut fitur pengisian daya supercepat terbaru Oppo, yakni SuperVOOC 2.0. Berbekal fitur ini, Oppo mengklaim baterai Reno Ace yang berkapasitas 4.000mAh mampu diisi penuh dalam waktu 30 menit saja.

Uniknya lagi, fitur pengisian daya cepat ini ini kompatibel dengan USB-PD dan Qualcomm Quick Charge. Dengan kata lain, pengguna Reno Ace masih dapat menikmati fitur pengisian daya cepat ini memakai pengisi daya pihak ketiga, tidak hanya bawaan Oppo.

Memiliki layar AMOLED berukuran 6,5 inci, smartphone ini mempunyai refresh rate 90Hz. Reno Ace dipersenjatai dengan Snapdragon 855+ yang dipadukan dengan RAM 12GB dan ROM 256GB UFS 3.0.

Beralih ke kamera, smartphone ini memiliki empat kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48MP (lensa utama), 13MP hingga 5x hybrid zoom (telephoto), 8MP (ultrawide), dan 2MP (monokrom).

Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 16MP. Oppo membenamkan fitur pemindai sidik jari di layar untuk keamanan dan speaker ganda. Reno Ace menjalankan ColorOS 6.1 berbasis Android 10.

Fitur lain yang juga tersedia di smartphone ini adalah NFC, dual-frequency GPS, dan headphone jack 3,5mm. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni psychedelic purple dan starry blue.

Oppo Reno Ace dibanderol dengan harga 2.999 yuan (sekitar Rp 5,9 juta) untuk varian RAM 8GB/ROM 128GB.

Sementara varian RAM 8GB/ROM 256GB dibanderol 3.199 yuan (sekitar  Rp 6,3 juta) dan varian paling tinggi yang memiliki RAM 12GB/ROM 256GB dijual 3.799 yuan (sekitar  Rp 6,7 juta).

Oppo Reno 2 Melenggang di Indonesia, Harga Rp 7 Jutaan

Oppo Reno 2 resmi diumumkan. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Sebelumnya, Oppo juga resmi memboyong Reno 2 ke Indonesia. Ada dua model varian Reno terbaru yang diperkenalkan kali ini, yakni Reno 2 dan Reno 2F.

Kedua smartphone ini hadir dengan empat kamera belakang, serupa dengan tren kamera ponsel pintar kekinian. Meski hadir dengan empat kamera, seri Reno 2 tidak hanya fokus ke fotografi, tapi juga videografi.

"Reno 2 hadir dengan sejumlah penambahan fitur, tidak hanya untuk fotografi, tapi juga videografi. Kami ingin memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna membagikan kisahnya melalui video," tutur Brand Planning Manager Oppo Indonesia, Stiffen Andika, saat peluncuran Oppo 2 di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Untuk diketahui, Reno 2 dibekali Snapdragon 730G, RAM 8GB, dan memori internal 256GB. Smartphone ini memiliki layar Dynamic AMOLED berukuran 6,5 inci.

Kamera Oppo Reno 2

Oppo Reno 2. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Beralih ke sektor kamera belakang, Reno 2 memiliki empat lensa yang masing-masing beresolusi 8MP (wide-angle), 48MP (lensa utama), 13MP (telephoto), dan 2MP (sensor monokrom).

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 16MP. Oppo masih menggunakan kamera depan pop-up yang sekilas mirip dengan sirip hiu di perangkat ini.

Untuk pasar Indonesia, Reno 2 dibanderol dengan harga Rp 7.999.000. Oppo membuka keran pre-order smartphone ini pada 8 hingga 30 Oktober 2019, sedangkan penjualan perdana akan dilakukan pada 31 Oktober 2019.

"Bagi pemesan pre-order Oppo Reno 2 yang beruntung akan mendapatkan earphone bluetooth Oppo Enco Q1," tutur PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

Perlu diketahui, Enco Q1 merupakan earphone bluetooth yang sudah dibekali dengan fitur active noise cancelling (ANC) dan memiliki harga Rp 1,5 jutaan.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Jared Leto Kecewa Perannya di Joker Tidak Dianggap

Posted: 12 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Film Joker yang dirilis belakangan ini mendapatkan banyak respons positif dari penggemar film di seluruh dunia. Film tersebut mendapatkan banyak pujian dari para kritikus film pada segi akting hingga penceritaan.

Film ini diperankan oleh Joaquin Phoenix yang baru pertama kali memerankan Joker dengan karakter yang segar dan baru.

Sebelum diperankan Joaquin Phoenix, Joker telah diperankan terlebih dahulu oleh ack Nicholson, Heath Ledger, dan Jared Leto. Namun, Jared Leto, pemeran Joker terakhir sebelum Joaquin Phoenix, tampaknya kurang senang dengan kesuksesan film solo Joker terbaru itu.

Artikel tentang peran Jokernya tidak dianggap, Jared Leto mengaku kesal menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan deretan artikel tentang potret tingkah ngenes jomblo, lucu tapi bikin miris.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang disewa oleh penghuni tidak bertanggung jawab, rumah pria ini dipenuhi sampah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Peran Jokernya Tidak Dianggap, Jared Leto Mengaku Kesal

Film Joker yang rilis 2019. (DC Films/Warner Bros. Pictures)

 

Joker telah diperankan oleh beberapa pemeran lainnya seperti Jack Nicholson, Heath Ledger, dan Jared Leto. Joker sendiri selalu menjadi karakter yang ikonik pada film-film DC. Jared Leto, pemeran Joker terakhir sebelum Joaquin Phoenix, tampaknya kurang senang dengan kesuksesan film solo Joker terbaru itu.

Selengkapnya...

2. 7 Potret Tingkah Ngenes Jomblo, Lucu tapi Bikin Miris

foto: berbagai sumber

Memiliki kekasih tentu sangat menyenangkan. Kalian bisa melakukan banyak hal bersamanya baik saat senang maupun susah. Meski begitu banyak pula orang yang memutuskan untuk jomblo.

Tentu ada banyak faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk tak memiliki kekasih. Namun sebagian besar dari kalian tentu tahu memiliki status jomblo kerap menjadi bahan ejekan orang-orang terdekat. Apalagi bagi kalian yang telah jomblo menahun.

Selengkapnya...

3. Disewa oleh Penghuni Tak Bertanggung Jawab, Rumah Pria Ini Dipenuhi Sampah

foto: Facebook Hang Dhamin

Ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan di rumah. Tak hanya untuk kesehatan tentu juga untuk membuat diri nyaman.

Tak hanya bagi kalian yang memiliki rumah sendiri, tapi hal ini juga berlaku bagi kalian yang menyewa rumah milik orang lain. Jangan sampai kalian merugikan sang pemilik rumah dengan melakukan hal tak bertanggung jawab tersebut.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Zara JKT48 Jadi Virgo untuk Film Patriot Taruna

Posted: 12 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zara JKT48 Jadi salah satu aktris yang terpilih menjadi superhero dalam Jagat Sinema Bumilangit. Ia menjadi pahlawan bernama Virgo untuk film Patriot Taruna: Virgo the Sparklings.

Meski proses produksi baru dimulai tahun depan. Namun Zara JKT48 sudah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah pengenalan.lebih jauh tentang karakter Virgo.

"Masih pelajari pendalaman karakter Virgonya dimana, baca lagi cari tahu karakternya," kata Zara JKT48 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

Mengingat Virgo adalah tokoh jagoan, tentu Zara JKT48 harus pandai untuk beladiri. Dalam beberapa bulan lagi, aktris berusia 16 tahun ini bakal melakukan latihan fisik tersebut.

"Memang mau belajar bela diri karena Virgo sebenarnya. Cuma fighting kan ada koreo-nya juga. Mungkin akan ada sedikit kemudahan di aku, karena aku kan bisa dance, itu kan koreo juga," ucap Zara JKT48.

 

Bangga

Zara JKT48 Lulus dari JKT48

Lebih lanjut, Zara JKT48 sangat bangga karena terpilih memerankan salah satu tokoh superhero dalam Jagat Sinema Bumilangit. Ia harap bisa menampilkan kualitas akting yang baik.

"Bangga karena kan aku perempuan bisa jadi jagoan. Jadi bisa nunjukin perempuan enggak lemah, kita tangguh juga. Bukan karena perempuan, kita diremehkan. Nanti dilihatin aja filmnya," tutup Zara JKT48.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilatih Edson Tavares, Persija Akan Diisi Banyak Pemain Muda?

Posted: 12 Oct 2019 08:55 PM PDT

Jakarta- Kerangka tim Persija Jakarta asuhan pelatih anyar Edson Tavares perlahan mulai terungkap. Asisten Edson Tavares, Antonio Claudio, membeberkan bila skuat Macan Kemayoran bakal disi banyak pemain muda.

Penilaian itu diungkapkan Antonio Claudio dengan memprediksi dari kebiasaan Edson Tavares di klub sebelumnya. Menurut pria yang akrab disapa Toyo itu, tak menutup kemungkinan Tavares akan membawa kebiasaannya itu ke Persija Jakarta.

"Memang di tim sebelumnya dia mengaku menggunakan banyak pemain muda. Jadi, tidak menutup kemungkinan itu akan dia lakukan juga di Persija," kata Toyo seperti dikutip situs resmi klub, Sabtu (12/10/2019).

Namun, Toyo mengaku jika benar Tavares akan menggunakan pemain muda, maka sosok yang dipilih harus sesuai kebutuhan. Pemain muda yang sejalan dengan skema yang diterapkannya tentu bakal mendapatkan peluang besar untuk bermain.

"Tapi, pastinya harus disesuaikan juga karakter seperti apa pemain muda yang bisa cocok dengan skema pelatih," imbuh Toyo.

Sinyal akan menggunakan banyak pemain muda sudah terlihat dari bergabungnya beberapa pemain Persija U-20. Mereka adalah Hamra, Resky Fandi Witriawan, Adrianus Dwiki, dan Taufik Hidayat yang diberi kesempatan berlatih bersama tim senior Persija Jakarta.

Awas Perjudian

Pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak oleh Heri Susanto, ke gawang Barito Putra pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (23/9/2019). Persija menang 1-0 atas Barito Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Keinginan Edson Tavares yang ingin menggunakan materi pemain muda memang tak ada yang salah. Namun, melihat situasi Persija Jakarta saat ini yang belum stabil membuat langkah tersebut terkesan menjadi sebuah perjudian.

Edson Tavares padahal memiliki tugas berat untuk bisa mengangkat performa Persija di sisa musim 2019. Alangkah lebih bijak sang pelatih berperilaku pragmatis untuk menggunakan pemain yang ada ketimbang mengikuti kebiasaannya dengan memilih pemain muda.

Persija saat ini berada di peringkat ke-14 dengan koleksi 20 poin. Laga melawan Semen Padang pada 16 Oktober mendatang menjadi panggung perdana Edson Tavares sebagai pelatih anyar tim Macan Kemayoran.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Aning Jati, Published 12/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Aksi Iseng Saat Ganggu Orang Tidur Ini Bikin Kaget dan Emosi

Posted: 12 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rasa ngantuk atau ingin tidur memang bisa datang kapan saja dan di mana saja. Kadang, rasa ngantuk ini hadir sebagai tanda bahwa kita telah mengerahkan energi untuk bekerja, belajar dan lain sebagainya. Ya, memang rasa lelah saat bekerja atau belajar memang kerap menimbulkan rasa ngantuk yang menyebabkan tertidur.

Namun, saat kita sedang tidur dan beristirahat kerap kali ada-ada saja yang mengganggu tidur. Salah satunya ialah kelakuan teman atau orang lain yang dengan sengaja mengganggu seseorang yang tengah tidur nyeyak. Kalau punya teman yang memiliki kebiasaan tersebut, kamu pasti putar otak pusing memikirkan cara membangunkannya, walaupun dengan cara iseng atau ekstrem.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 5 aksi iseng saat ganggu orang tidur yang bikin kaget dan emosi, Minggu (13/10/2019).

3. Kalau bangunnya kayak gini, habis ini kapok ah tidur di sini.

4. Untung aja yang tidur enggak jantungan.

5. Kirain suara malaikat maut, bikin kaget saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Alasan Boban Atas Keterpurukan AC Milan

Posted: 12 Oct 2019 08:35 PM PDT

Milan - AC Milan dalam performa buruk. Hal tersebut membuat posisi Direktur AC Milan, Zvonimir Boban terancam dipecat karena gagal meningkatkan performa klub tersebut.

Namun, Boban mengatakan kalau ia baru memulai pekerjaannya pada awal musim dan masih membutuhkan waktu untuk mengembalikan kejayaan AC Milan.

Zvonimir Boban dan Paolo Maldini ditunjuk untuk menjadi direktur AC Milan pada awal musim 2019-20. Mereka memiliki tugas yang berat utnuk mengembalikan performa klub.

Namun, Boban dan Maldini sudah diguncang akibat performa buruk AC Milan. Boban pun mengatakan kalau ia dan Maldini tak bisa mengubah kondisi klub dalam waktu singkat, untuk itu ia masih akan memberikan usaha terbaik.

"Saya kembali ke AC Milan untuk membuat klub ini menjadi hebat lagi. Namun, saya baru sebentar ada di sini dan masih banyak hal yang harus dilakukan," ujar Boban.

"Kami tak memiliki tongkat ajaib yang bisa mengubah kondisi klub dalam sekejap. Paolo Maldini dan saya terus berusaha untuk mengembalikan klub kembali ke masa kejayaan."

"Kami baru saja mulai, dan masih membutuhkan waktu untuk mencapai level yang diinginkan," ungkap Boban.

AC Milan memecat Marco Giampaolo setelah menjalani tujuh pertandingan. Dari tujuh laga tersebut, AC Milan mencatatkan empat kekalahan dan tiga kemenangan.

Yakin Bersama Stefano Pioli

Stefano Pioli bersama direksi AC Milan. (dok. AC Milan)

Zvonimir Boban meyakinkan kalau Stefano Pioli adalah opsi terbaik yang dimiliki klub tersebut. Boban optimistis kalau Pioli adalah pelatih yang tepat untuk memperbaiki performa AC Milan.

"Stefano Pioli adalah opsi terbaik kami pada saat ini. Ia bukan pilihan kedua atau pilihan alternatif. Memang benar kalau Luciano Spalletti adalah pelatih yang hebat, namun bukan berarti ia unggul atas Pioli."

"Pioli adalah pelatih yang hebat dan memiliki ide permainan yang brilian. Ia adalah pelatih pragmatis dan bisa memberikan yang dibutuhkan tim."

"Saat ini, Pioli sedang mempelajari tim dan ia menyusun strategi untuk strategi terbaik di AC Milan," ungkap Boban.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis Aditya Wicaksono, editor Wiwig Prayugi published 12/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Orang Tewas dan 50.000 Warga Mengungsi Akibat Topan Hagibis di Jepang

Posted: 12 Oct 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Lima orang tewas dan beberapa lainnya hilang akibat bencana Topan Hagibis di Jepang akhir pekan ini --yang disebut-sebut sebagai badai terburuk sejak 60 tahun terakhir yang pernah melanda Negeri Sakura.

Topan Hagibis merapat ke Jepang sebelum 19:00 waktu setempat (10:00 GMT) pada Jumat 11 Oktober 2019, di Semenanjung Izu, barat daya Tokyo. Saat ini, badai tersebut bergerak ke pantai timur pulau utama Jepang, dengan kecepatan angin 225 km / jam (140 mph).

Lebih dari 270.000 rumah telah kehilangan daya, lapor penyiar nasional Jepang, NHK.

Dilansir BBC, Minggu (13/10/2019), kantor berita Kyodo mengatakan, lima kematian telah dikonfirmasi di berbagai daerah.

Dua orang tewas setelah rumah-rumah disapu tanah longsor - seorang pria di Tomioka, Prefektur Gunma, dan seorang wanita di Sagamihara dekat Tokyo.

Seorang pria berusia 60-an ditemukan tewas di apartemen yang tergenang di Kawasaki, barat daya Tokyo, sementara seorang wanita jatuh ke jalur air dan tenggelam di Tochigi, lapor Kyodo.

Korban lain, seorang pria berusia 50-an, ditemukan tewas dalam sebuah mobil terbalik di Chiba.

Kyodo mengatakan 11 orang dilaporkan hilang dan lebih dari 90 dilaporkan terluka akibat badai Topan Hagibis.

Bahaya Topan Hagibis, 50.000 Ribu Warga Mengungsi

Gambar yang diambil oleh Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) pada satelit Aqua NASA menunjukan Topan Hagibis ketika awan bagian luarnya mendekati Jepang. (earthobservatory.nasa.gov)

Lebih dari tujuh juta orang telah diminta untuk meninggalkan rumah mereka di tengah peringatan banjir dan tanah longsor yang parah, tetapi diperkirakan hanya 50.000 mengungsi ke tempat penampungan.

"Hujan lebat yang belum pernah terjadi sebelumnya telah terlihat di kota-kota di mana peringatan darurat telah diberikan," kata pemantar cuaca badan meteorologi Jepang (JMA) Yasushi Kajiwara dalam jumpa pers.

JMA telah memperingatkan bahwa hujan setinggi setengah meter dapat turun di daerah Tokyo antara tengah hari pada hari Sabtu dan Minggu.

Banyak layanan kereta peluru telah dihentikan, dan beberapa jalur di metro Tokyo dihentikan pada hari Sabtu.

Lebih dari seribu penerbangan ke dan dari bandara Haneda Tokyo dan bandara Narita di Chiba telah dibatalkan.

Dua pertandingan Piala Dunia Rugby yang dijadwalkan Sabtu dibatalkan karena alasan keamanan dan dinyatakan sebagai seri dalam Inggris vs Prancis dan Selandia Baru vs Italia. Pembatalan tersebut merupakan yang pertama dalam 32 tahun sejarah turnamen.

Pertandingan Namibia vs Kanada hari Minggu yang dijadwalkan berlangsung di Kamaishi juga dibatalkan dan dinyatakan seri.

Pertandingan AS vs Tonga di Osaka dan Wales vs Uruguay di Kumamoto akan berjalan sesuai jadwal pada hari Minggu, kata penyelenggara.

Sementara itu, pertandingan crunch antara Skotlandia dan tuan rumah turnamen Jepang pada hari Minggu akan berlangsung. Keputusan tersebut mengikuti inspeksi keselamatan.

Formula 1 juga menunda balapan kualifikasi Sabtu untuk Grand Prix Jepang "demi kepentingan keselamatan bagi para penonton, peserta, dan semua orang di Sirkuit Suzuka".

Evakuasi Korban Badai

Ombak menghantam pemecah gelombang di sebuah pelabuhan di Kota Kiho, Prefektur Mie, Jepang, Jumat (11/10/2019). Badan Meteorologi Jepang (JMA) memprediksi Topan Hagibis akan menerjang kawasan Jepang pada akhir pekan ini. (AP Photo/Toru Hanai)

Warga lokal James Babb berbicara kepada BBC dari pusat evakuasi di Hachioji, Tokyo barat. Dia mengatakan sungai di dekat rumahnya berada di ambang meluap.

"Saya dengan saudara ipar saya, yang cacat," katanya. "Rumah kami mungkin banjir. Mereka memberi kami selimut dan biskuit."

Andrew Higgins, seorang guru bahasa Inggris yang tinggal di Tochigi, utara Tokyo, mengatakan kepada BBC bahwa ia telah "melalui beberapa badai topan" selama tujuh tahun di Jepang.

"Saya merasa kali ini Jepang, secara umum, menganggap topan ini lebih serius," katanya. "Orang-orang bersiap-siap semalaman."

Bulan lalu, Topan Faxai mendatangkan malapetaka di beberapa bagian Jepang, merusak 30.000 rumah, yang sebagian besar belum diperbaiki.

"Saya dievakuasi karena atap saya robek oleh topan lainnya dan hujan turun. Saya sangat khawatir dengan rumah saya," kata seorang lelaki berusia 93 tahun kepada NHK, dari tempat penampungan di Tateyama, Chiba.

Tentang Topan Hagibis

Ombak menghantam pemecah gelombang di sebuah pelabuhan di Kota Kiho, Prefektur Mie, Jepang, Jumat (11/10/2019). Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengimbau warga untuk melakukan evakuasi tahap awal jelang kedatangan Topan Hagibis. (AP Photo/Toru Hanai)

Hagibis berarti "kecepatan" dalam bahasa Filipina Tagalog, dan itu bisa menjadi badai terkuat yang dihadapi negara itu sejak Topan Vera pada tahun 1959.

Vera menghantam Jepang dengan kecepatan angin 306 km/jam (190mph) dan menewaskan lebih dari 5.000 orang.

Pada Sabtu, 12 Oktober 2019 sore waktu setempat, rekaman dan gambar menunjukkan beberapa sungai telah melewati tepian. Diantaranya termasuk Tamagawa, yang mengalir melalui daerah perumahan di Tokyo.

"Ada bagian-bagian di mana bank tanah tidak sepenuhnya dibangun. Kami telah mengatasinya dengan kantong pasir, tetapi air mulai meluap," kata pejabat kementerian pertanahan Shuya Nakamura kepada kantor berita AFP.

Sebelum badai terjadi, pihak berwenang menyarankan warga untuk menyiapkan persediaan makanan. Hal tersebut mengakibatkan habisnya stok produk di pusat perbelanjaan. 

Jepang memang diperkirakan akan mengalami sekitar 20 badai tahun ini, namun Tokyo tidak pernah mengalami musibah sebesar ini. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamish Daud Ingatkan Bahaya Perubahan Iklim Bagi Laut Indonesia

Posted: 12 Oct 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Si ganteng Hamish Daud salah satu yang sangat peduli terhadap lingkungan. Bintang film Rectoverso dan Trinity The Nekad Traveler ini mendirikan Yayasan Indonesia Ocean Pride yang berfokus menjaga kelestarian laut. 

Hamish Daud mengingatkan, untuk bersikap ramah lingkungan bisa dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya, dengan mengurangi pemakaian sedotan plastik. Hamish Daud menyebut sedotan plastik biasanya dipakai dalam hitungan menit kemudian dibuang dan jadi sampah. Hamish Daud menyebut, dari sinilah masalah bermula.

"Kalau pakai sedotan plastik 30 detik, satu menit, atau oke mungkin 5 menit lalu dibuang. Sedotan plastik itu butuh waktu 150 tahun untuk diurai. Dan tidak akan hilang melainkan terpecah-pecah menjadi plastik beukuran mikro, dimakan ikan, lalu ikannya bisa jadi kita konsumsi," beber Hamish Daud di Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2019).

Plastik itu kembali menjadi bagian dari rantai makanan manusia. Potensinya ke depan, memicu lahirnya penyakit baru yang menyerang anak cucu kita. "Plastik didesain para teknisi buat bertahan lama," sambung Hamish Daud.

Lantas bagaimana manusia menyikapi sampah plastik? "Jadi bukan plastik masalahnya, tapi bagaimana daur ulang dan menguranginya. Itu bergantung pada kita karena apa saja kini terbuat dari plastik," ujar Hamish Daud.

 

Sampah

Hamish Daud bersama anaknya (Instagram/hamishdw)

Lebih jauh Hamish Daud mengingatkan sampah plastik bukan satu-satunya masalah bagi laut Indonesia maupun negara lain. Dalam pandangan aktor kelahiran Australia, 8 Maret 1980 ini, Indonesia tampak belum siap untuk menerima fakta sekaligus merespons pemanasan global atau perubahan iklim. 

"Kita sepakat menandatangani Perjanjian Paris untuk mengurangi emisi karbon dan lain-lain. Tapi orang lupa bahwa kondisi air laut kita saat ini lebih hangat karena efek perubahan iklim. Anda tahu, 80 tahun dari sekarang lautan akan menjadi 4 kali lebih hangat dari laut di era 1970-an," ujar Hamish Daud.

Ia menyambung, "Artinya, cucu kita nanti akan berenang di air yang empat kali lebih hangat yang juga berarti, ekosistem laut telah rusak. Tidak akan ada lagi yang namanya terumbu karang. Ini karena peubahan iklim."

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Pria Bernyanyi Akustik Hibur Penumpang di Atas Pesawat

Posted: 12 Oct 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang penumpang penerbangan AirAsia dari Perth menuju Bali melakukan aksi tidak terduga. Ia bernyanyi secara akustik untuk menghibur para penumpang lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpul dengan Setwapres, Mufidah Kalla Cerita soal JK yang Tak Mau Diatur Penampilannya

Posted: 12 Oct 2019 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Cibubur - Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri Mufidah Kalla menghadiri silaturahmi bersama keluarga besar Sekretariat Wakil Presiden di Trans Studio Mal, Cibubur, Jawa Barat. Para pegawai Setwapres berkumpul dan menikmati acara.

Mereka juga memberikan persebahan teatrikal awal kisah cinta Jusuf Kalla dan Mufidah Kalla.

Tidak ketinggalan istri JK, Mufidah Jusuf Kalla juga bercerita tentang keseharian suaminya. JK, kata Mufidah dalam sebuah video, tidak pernah mau pakai seragam.

"Bapak kalau pakai baju tidak ingin pakai seragam. Kalau pakai seragam kayak anak band," ucap Mufidah dalam cuplikan video yang diputar ditonton oleh JK di Trans Studio Cibubur, Jawa Barat, Minggu (13/10/2019).

Tidak hanya soal pakaian yang tidak mau diatur sang istri. Persoalan mengatur kumis dan rambut, Jusuf Kallapun tidak mau diatur.

"Mengatur kumis, rambut. Tidak mau diatur, Bapak bilang, 'Ini rambut saya tidak usah ikut campur.'," cerita Mufidah sambil tersenyum.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pesona Chetryn, Kakak Perempuan Betrand Peto yang Curi Perhatian

Posted: 12 Oct 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini presenter kondang Ruben Onsu dan Sarwendah telah mengangkat anak seorang anak laki-laki. Diketahui anak laki-laki yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, bernama Betrand Peto. Hal ini sempat diumumkan di YouTube The Onsu Family. Bahkan Ruben Onsu dan Sarwendah telah menyelesaikan sebuah syarat yaitu ritual adat untuk proses angkat anak.

Ritual adat ini diselenggarakan di kampung halaman Betrand pada Sabtu (5/10/2019). Dalam momen bahagia itu sosok cantik Chetryn Peto, kakak kandung Betrand Peto berhasil mencuri perhatian. Tak jauh beda dari Betrand kakak perempuannya ini juga memiliki suara merdu.

Chetryn memiliki wajah yang mirip dengan Betrand Peto, ia juga punya senyum manis dan membuat netizen gagal fokus. Pesona Chetryn ini pun sempat disorot saat potretnya diunggah oleh Sarwendah. Selama ritual pengangkatan anak berlangsung, Chetryn terlihat akrab dengan Ruben dan Sarwendah.

Bahkan bisa dibilang kedekatannya tersebut bak anak kandung. Berikut 7 pesona Chetryn Peto yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/10/2019).

1. Saking miripnya dengan Betrand, Chetryn sering disebut-sebut versi perempuannya. Keduanya sama-sama punya senyum manis.

Pesona Chetryn, Kakak Perempuan Betrand Peto (sumber: instagram/chetrynpeto)

2. Chetryn juga diketahui sangat hobi menyanyi, bahkan sering duet juga bersama Betrand.

Pesona Chetryn, Kakak Perempuan Betrand Peto (sumber: instagram/chetrynpeto)

3. Punya paras cantik yang khas, banyak yang bilang kakak perempuan Betrand Peto ini cocok untuk jadi model.

Pesona Chetryn, Kakak Perempuan Betrand Peto (sumber: instagram/chetrynpeto)

4. Pesona Chetryn pertama kali diketahui netizen melalui unggahan foto di akun Instagram Sarwedah.

Pesona Chetryn, Kakak Perempuan Betrand Peto (sumber: instagram/chetrynpeto)

5. Curi perhatian, akun Instagram Chetryn sekarang ini sudah diikuti 77 ribu pengikut.

Pesona Chetryn, Kakak Perempuan Betrand Peto (sumber: instagram/chetrynpeto)

6. Ia juga diketahui suka menyanyi dari panggung ke panggung. Tak heran jika bakat entertain Chetryn sudah kelihatan.

Pesona Chetryn, Kakak Perempuan Betrand Peto (sumber: instagram/chetrynpeto)

7. Bagaimana menurutmu? Cantik ya Chetryn.

Pesona Chetryn, Kakak Perempuan Betrand Peto (sumber: instagram/chetrynpeto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Edaran PNS Wajib Pakai Gamis Hitam, Ini Kata Camat Ciputat

Posted: 12 Oct 2019 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Viral di sosial media sebuah foto surat edaran berisi perintah kepada seluruh PNS perempuan di Ciputat untuk mengenakan gamis hitam setiap Jumat. Pemberitahuan tersebut tertulis dikeluarkan pada 9 Oktober 2019 dan mengatasnamakan Camat Ciputat Kota Tangerang Selatan, Andi D Patabai.

Andi membantah adanya perintah tersebut. Dia menegaskan tidak pernah mengeluarkan surat perintah agar seluruh pegawai perempuan menggunakan baju gamis warna hitam setiap Jumat.

"Tidak benar dan tidak pernah dikeluarkan kebijakan dalam bentuk Surat Perintah dari Camat Ciputat yang mengharuskan seluruh pegawai perempuan memakai gamis hitam setiap hari Jumat," tutur Andi dalam keterangannya seperti dilansir Jawapos, Sabtu 12 Oktober 2019.

Andi menyebut, kebijakan pakaian dinas PNS di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sudah diatur oleh Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 22 Tahun 2014 tentang perubahan atas Peraturan Wali Kota Tangerang Selatan Nomor 55 Tahun 2009 tentang Pakaian Dinas PNS. Atas dasar itu, tidak diperbolehkan ada kebijakan ataupun aturan lain yang melangkahi Perwal tersebut.

Terlebih, dalam foto yang beredar di masyarakat, tidak ada cap stempel dan tanda tangan Andi yang melekat di surat perintah PNS perempuan di Ciputat wajib mengenakan gamis hitam setiap Jumat.

"Setiap hari Jumat sesuai dengan Perwal 22 tahun 2014 tentang Pakaian Dinas PNS di lingkup Pemko Tangsel, PNS di Kantor Camat Ciputat menggunakan busana muslim warna putih," Andi menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Santiago Solari Kenangan Terindah Martin Odegaard Real Madrid

Posted: 12 Oct 2019 08:10 PM PDT

Madrid - Martin Odegaard, yang saat ini dipinjamkan ke Real Sociedad punya kenangan indah bersama mantan pelatih Real Madrid, Santiago Solari. Hubungan keduanya sangat akrab.

Martin Odegaard bergabung dengan Real Madrid pada 2015. Namun, kesempatan bermainnya sangat terbatas. Hal itu membuatnya menjalani masa peminjaman sejak musim 2017-18.

Sejauh ini, Odegaard sudah berada di tiga klub berbeda, yaitu Heerenveen, Vitesse dan yang terkini adalah Real Sociedad. Di klub terakhirnya, Odegaard mulai menunjukkan kematangan dalam bermain.

Hal itu membuatnya teringat kepada Santiago Solari yang pernah menjadi pelatihnya di Real Madrid Castilla. Odegaard mengatakan kalau Solari sangat keras kepadanya, namun itu adalah bentuk dari perhatian pelatih tersebut.

"Saya ingat dengan Santiago Solari. Kami memiliki hubungan yang baik. Ia sangat membantu saya ketika berada di Real Madrid Castilla," ujar Odegaard.

"Saya pernah merasakan momen indah di Castilla bersama Solari. Saya senang dia masih memerhatikan performa saya hingga saat ini."

"Solari banyak menuntut saya untuk melakukan banyak hal. Ia sangat keras kepada saya, namun saya tahu kalau ia ingin agar bisa menjadi pemain yang lebih baik lagi," ungkap Odegaard.

Performa positif yang ditunjukkan Odegaard membuatnya kembali menarik minat klub-klub top Eropa. Manchester United disebut ingin memboyong Odegaard dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2020.

Momen Berat di Real Madrid

Martin Odegaard (AFP/Vegard Wivestad Groett)

Martin Odegaard mengakui kalau ia sempat merasa frustrasi di Real Madrid. Namun, hal itu membuatnya menjadi pemain yang lebih matang.

"Saya pernah merasakan momen yang berat di Real Madrid. Berlatih bersama tim utama, tetapi bermain bersama tim kedua."

"Saya kesulitan mendapatkan peran saya di klub itu. Terkadang, saya justru bermain bersama Castilla."

"Sangat sulit menunjukkan penampilan 100 persen ketika saya terus bermain bersama tim berbeda. Namun positifnya, kondisi itu membuat mental saya menjadi kuat," ungkap Odegaard.

Sumber: AS

Disadur dari: Bola.com (penulis Aditya Wicaksono, editor Rizky Hidayat published 12/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelajah Jawa Barat dengan Daihatsu Sigra Terbaru, Apa Keunggulannya?

Posted: 12 Oct 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah resmi meluncur September lalu, Daihatsu mengundang jurnalis otomotif nasional untuk menjajal performa Sigra terdapat. Meski tak memiliki perubahan dari sisi mesin, Daihatsu Sigra ini mendapat perubahan dari sisi tampilan dan sistem hiburan.

Bertempat di Bandung, 30 jurnalis mendapat kesempatan berkendara menuju Lembang, Jawa Barat. Menggunakan 10 Daihatsu Sigra tipe R dengan transmisi manual dan otomatis, rombongan memulai perjalanan dari dari Stasiun Kereta Api Bandung.

Meski mendapat perubahan pada gril, bumper, rear garnish dan polished alloy wheel 14 inch dari sisi eksterior, penampilan Sigra terbaru tak berubah secara maksimal.

Masuk ke dalam interior, perubahan terlihat pada pengaturan suhu kabin di bagian center cluster. Tak hanya itu, sistem hiburan pada Sigra terbaru juga berubah karena disematkan head unit 2-DIN touchscreen.

"Kami ingin jurnalis lebih mengenal dekat New Daihatsu Sigra. Selain itu, kami juga ingin memperkenalkan fitur-fitur baru yang membuat perjalanan keluarga Indonesia semakin nyaman dan aman. Lampu LED pada lampu depan diharapkan mampu membantu pengendara berkendara di malam hari," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

Seluruh perubahan yang terjadi pada Sigra terbaru memang tidak berhubungan dengan peforma mesin. Meski demikian, sistem hiburan yang dihadirkan cukup memberikan rasa nyaman saat harus menempuh jarak cukup jauh.

 

Mesin

Setelah resmi meluncur September lalu , Daihatsu mengundang jurnalis otomotif nasional untuk menjajal performa Sigra terbaru

Dari segi fitur safety, Sigra terbaru tipe R telah dibekali dengan kamera parkir. Tak ada prubahan dari sisi dapur pacu, tentu performa yang ditawarkan tak berubah dibandingkan model lawasnya.

Tersedia dalam tujuh pilihan warna, Sigra masih menawarkan pilihan mesin 3-silinder 1,0 liter VVT-i dengan tenaga 67 PS dan torsi 89 Nm.

Terdapat pula mesin 4-silinder 1,2 liter dual VVT-i yang mampu menyemburkan tenaga hingga 88 PS dan torsi maksimal 107 Nm dengan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Menyoal harganya, Sigra varian paling bawah masih tetap Rp114 juta. Sementara varian paling tinggi banderolnya naik sedikit menjadi Rp156,750 juta. Kenaikannya antara Rp1,5 juta hingga Rp2 juta.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Kedekatan Agatha Pricilla dengan Sang Kakak

Posted: 12 Oct 2019 08:04 PM PDT

Agatha Pricilla dan Sandra kompak tampil dengan gaya rambut pendek sebahu. (Liputan6.com/IG/@alexandrancilla)

Agatha Pricilla dan Sandra kompak tampil dengan gaya rambut pendek sebahu. (Liputan6.com/IG/@alexandrancilla)

Merayakan natal bersama sang mama, Agatha Pricilla dan sang kakak  tampil cantik dengan baju bermotif yang senada. (Liputan6.com/IG/@alexandrancilla)

Merayakan natal bersama sang mama, Agatha Pricilla dan sang kakak tampil cantik dengan baju bermotif yang senada. (Liputan6.com/IG/@alexandrancilla)

Menurut netizen di komentar unggahan Instagram Sandra, Agatha Pricilla dan kakanya  memiliki mata dan senyuman yang mirip. (Liputan6.com/IG/@alexandrancilla)

Menurut netizen di komentar unggahan Instagram Sandra, Agatha Pricilla dan kakanya memiliki mata dan senyuman yang mirip. (Liputan6.com/IG/@alexandrancilla)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya, Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Perut Anda Kosong

Posted: 12 Oct 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda, dalam keadaan perut kosong, kinerja tubuh kita biasanya kurang optimal. Hal itu akhirnya kadang membuat keputusan yang bisa merugikan dan disesali nantinya.

Selain dari itu, perut kosong juga dapat membahayakan kesehatan. Oleh karenanya, sebisa mungkin sebaiknya hindari melakukan hal-hal berikut ini.

Berikut ulasannya, seperti dikutip dari DW Indonesia, Minggu (13/10/2019):

Berdebat

Ilustrasi berdebat (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

Peneliti telah membuktikan bahwa kelaparan membuat kita kurang berpikir sistematis. Pengendalian diri membutuhkan energi, yang tentu saja kurang pasokannya jika perut kosong.

Saran: Jika Anda tidak sempat makan sebelum berdiskusi, minumlah sesuatu yang hangat dan tawarkan juga kepada lawan bicara Anda. Ini akan membuat percakapan menjadi lebih bersahabat.

Minum Jus Jeruk Murni

Ilustrasi jus jeruk peras (Sumber: Pixabay)

Serat asam dan keras yang terkandung dalam buah sitrus mengiritasi perut kosong Anda, yang bisa berbahaya bagi mereka yang menderita atau berpotensi gastritis.

Saran: Campurkan jus jeruk segar dengan air dalam rasio 1: 1.

Belanja

Ilustrasi belanja. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Kita semua tahu bahwa rasa lapar saat belanja membuat kita membeli lebih banyak makanan daripada yang sebenarnya kita butuhkan.

Menurut penelitian, pesan di otak: "Saya ingin makanan" berubah menjadi "saya mau sesuatu," dan orang yang kelaparan mematuhi pesan itu dengan membeli barang-barang.

Saran: Buat daftar belanja sebelumnya dan membayar dengan uang tunai yang dibawa secukupnya.

Latihan Intensif

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)

Berolahraga dengan perut kosong tidak mempengaruhi lemak. Sebaliknya, yang terjadi adalah kehilangan otot. Intensitas latihan juga berkurang karena tubuh kekurangan energi.

Saran: Ganti latihan intensif dengan latihan aerobik. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, lebih baik Anda mengudap sedikit makanan kecil sebelum berolahraga karena aktivitas fisik menginduksi produksi asam lambung.

Tidur

Ilustrasi Foto Tidur (iStockphoto)

Kelaparan dan kadar glukosa yang rendah menyebabkan tidur tak nyenyak dan mudah terbangun. Menariknya, kurang tidur meningkatkan tingkat hormon kelaparan. Inilah alasan mengapa kita makan lebih banyak pada hari berikutnya setelah melewatkan makan malam.

Saran: makan sebelum tidur juga merupakan ide yang buruk. Solusi terbaik mengkonsumsi produk susu karena mengandung magnesium dan kalsium dan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh seperti yoghurt, pisang dan telur rebus.

Kunyah Permen Karet

Ilustrasi permen karet (iStockphoto)

Asam pencernaan yang dihasilkan saat Anda mengunyah permen karet menghancurkan lapisan perut kosong dan menyebabkan gastritis. Terbukti secara ilmiah bahwa orang yang mengunyah permen karet lebih suka junk food (kentang goreng, permen) daripada buah dan sayuran.

Minum Alkohol

Ilustrasi minuman alkohol Bir (AP/Tony Talbot)

Tanpa makan, tingkat penyerapan alkohol meningkat dan mempercepat kehilangan kesadaran atau mabuk. Efek cepat alkohol pada tubuh tidak akan hilang begitu saja tanpa meninggalkan konsekuensi negatif bagi hati, jantung, dan ginjal.

Minum Kopi

Kopi / Sumber: iStockphoto

Kopi, termasuk kopi tanpa kafein, merangsang produksi asam yang bisa menyebabkan mulas dan masalah saluran pencernaan lainnya jika diminum pada saat perut kosong. Sarapan dengan hanya minum kopi dapat menyebabkan kekurangan serotonin.

Saran: Jika Anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan minum kopi pagi-pagi, konsumsilah dengan susu atau krim: lemak susu akan mengurangi efek negatifnya.

Mengkonsumsi Obat Anti-Inflamasi

Mengonsumsi vitamin B bisa membantu redakan sakit kepala. (iStockphoto)

Obat antiinflamasi secara umum dikonsumsi untuk meredakan rasa nyeri, demam, sakit kepala, dan lain-lain- Aspirin, parasetamol, dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (NSAID) tidak dapat dikonsumsi saat perut kosong. Efeknya tidak hanya mengurangi keefektifannya namun juga menyebabkan masalah kesehatan yang serius (seperti pendarahan lambung).

Mengkonsumsi obat sebelum dapat asupan makanan membuat organ-organ dalam tubuh harus bekerja ekstra yang tidak baik untuk kesehatan organ jangka panjang.

Berbagai hal-hal dan saran di atas tidak hanya dapat merawat kesehatan tubuh kita, namun juga pikiran karena terhindar dari stress yang diakibatkan dari keputusan yang merugikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Wisata Konservasi Nusantara yang Diakui Dunia

Posted: 12 Oct 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keanekaragaman hayati Nusantara memang tiada duanya. Ada deretan jenis flora dan fauna yang dilindungi agar tetap lestari. Upaya perlindungan itu juga dibuka sebagai wisata konservasi yang benar-benar dijaga kelestariannya.

Bahkan tidak sedikit wisata konservasi alam Indonesia yang telah diakui eksistensinya oleh dunia. Hal ini bisa sebagai bentuk apresiasi sekaligus lecutan semangat bagi masyarakat untuk sadar menjaga kelestarian alam beserta isinya.

Lantas, apa saja wisata konservasi di Indonesia yang telah mendapat pengakuan dan apresiasi di mata dunia? Berikut Liputan6.com rangkum selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo menjadi destinasi yang saat ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Ketika bertandang ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, kurang lengkap rasanya jika tak mengunjungi taman nasional yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ini pada 2011 lalu.

Taman nasional yang jadi rumah lebih dari 2 ribu komodo tersebut menjadi satu di antara taman nasional tertua di Tanah Air. The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan TN Komodo sebagai kawasan Cagar Biosfer (Man and Biosphere Programme - UNESCO) pada 1977.

TN Komodo juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia atau World Heritage Center - UNESCO pada 1991. Tak ketinggalan, sebagai New 7 Wonders of Nature oleh New 7 Wonders Foundation pada 2012.

2. Taman Nasional Lorentz

Dengan luas mencapai 2,4 juta hektare, Taman Nasional Lorentz menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman nasional yang berada di Papua ini membentang dari Pegunungan Jayawijaya hingga pesisir pantai yang berhadapan dengan Laut Arafuru.

Taman Nasional Lorentz telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1999 silam. Taman ini juga menjadi rumah bagi ribuan satwa termasuk lebih dari 600 jenis burung hingga lebih dari 120 mamalia.

3. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan kawasan paling banyak dihuni kawanan harimau di Sumatera. (Liputan6.com/B Santoso)

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) memiliki luas area hingga 1,4 juta hektare. Taman nasionl yang mencakup dari Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, hingga Sumatera Selatan ini kaya akan keanekaragaman hayati.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) Tamen Sitorus menyebut ada setidaknya 300 jenis anggrek dan 4000 jenis tumbuhan. Sementara untuk fauna ada lebih dari 85 jenis mamalia, 371 jenis burung, tujuh jenis primata, sepuluh jenis reptilia, hingga enam jenis amfibi.

Terdapat 13 jenis satwa dan tumbuhan endemik serta terancam pun yang ada di taman nasional ini. Tamen melanjutkan, berdasarkan kajian tersebut, UNESCO memasukkan TNKS menjadi Situs Warisan Alam Dunia sejak 2004.

4. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon (Liputan6.com/Yandhi Deslataman)

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang terletak di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten memiliki luas lebih dari 120 ribu hektare. TNUK menjadi salah satu destinasi yang sorotan karena menyimpan keindahan alam yang menawan.

Taman nasional ini menjadi tempat perlindungan satwa seperti badak bercula satu dan hewan lainnya seperti banteng. TNUK telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya oleh UNESCO sejak 1991 silam.

5. Taman Nasional Berbak dan Sembilang

Seorang wisatawan saat berjalan di keluar dari pintu gerbang kawasan ecowisata Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS) di Simpang Bungur, Resort I, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Sabtu (27/7/2019). (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)

Taman Nasional Berbak terletak di ujung timur Jambi yang jadi kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara. Taman nasional ini digabung dengan Taman Nasional Sembilang sejak 2016 dan berubah nama menjadi Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS).

Keunikan taman nasional dengan luas mencapai 340 ribu hektare ini adalah gabungan hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang luas di pesisir Timur Sumatra. Kawasan ini menjadi rumah flora dan fauna seperti harimau sumatra dan satwa liar lainnya.

Kawasan taman nasional ini telah ditetapkan sebagai cagar biosfer lewat sidang ke-30 "The Man and Biosphere International Co-ordinating Council (MAB-ICC) UNESCO" pada 2018.

6. Taman Nasional Gunung Leuser

Kuta, orangutan Sumatera (Pongo abelii), dilepasliarkan ke habitat asli di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Sumut. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) merupakan kawasan konservasi yang menjadi habitat empat satwa langka yang terancam punah. Keempat spesies kunci TNGL merupakan gajah, harimau, badak sumatera dan orangutan.

Taman nasional pertama di Indonesia ini telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer (Man and Biosphere Programme - UNESCO). Selain itu, oleh UNESCO, TNGL juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 2004 lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diguyur Hujan 20 Jam, Hotel Bintang 5 Tergenang Air

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petugas hotel bintang lima di Turki membersihkan genangan air di setiap lantai. Hotel bintang lima itu mengalami kebocoran usai diguyur hujan deras selama 20 jam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: 6 Kuliner Ponorogo Penuh Cita Rasa Istimewa

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ponorogo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan kesenian Reog. Ada banyak hal menarik yang dapat ditemui di daerah ini. Banyak objek wisata yang dapat dikunjungi di Ponorogo mulai dari budaya, alam, religi, hingga kuliner.

Salah satu hal menarik yang tak boleh terlewat adalah mencicipi kuliner khas Ponorogo. Mungkin telah banyak yang mengenal sate Ponorogo, namun masih banyak jenis kuliner yang lezat untuk dicicip.

Sebagian besar kuliner Ponorogo memang dipengaruhi oleh masakan Jawa. Namun, kuliner khas ini punya cita rasa berbeda dan unik. Beberapa kuliner ini bahkan tak dapat ditemui di daerah lain.

Artikel enam kuliner Ponorogo penuh cita rasa istimewa menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut tiga artikel yang dirangkum pada Minggu, (13/10/2019):

1.6 Kuliner Ponorogo Penuh Cita Rasa Istimewa, Wajib Dicicipi

Ponorogo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan kesenian Reog. Ada banyak hal menarik yang dapat ditemui di daerah ini. Banyak objek wisata yang dapat dikunjungi di Ponorogo mulai dari budaya, alam, religi, hingga kuliner.

Salah satu hal menarik yang tak boleh terlewat adalah mencicipi kuliner khas Ponorogo. Mungkin telah banyak yang mengenal sate Ponorogo, namun masih banyak jenis kuliner yang lezat untuk dicicip.

Sebagian besar kuliner Ponorogo memang dipengaruhi oleh masakan Jawa. Namun, kuliner khas ini punya cita rasa berbeda dan unik. Beberapa kuliner ini bahkan tak dapat ditemui di daerah lain.

Berita selengkapnya baca di sini

2.Tanggapan Polda Jatim Terkait Pemeriksaan Istri Anggota TNI AU di Surabaya

Anggota Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Sidoarjo telah memeriksa FS, istri anggota Satpomau Lanud Muljono Surabaya, Peltu YNS, yang diduga berkomentar bernuansa fitnah di media sosial tentang penusukan Menko Polhukam Wiranto.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) Kombes Pol, Frans Barung Mangera menuturkan, kalau ada laporan dan penyerahan yang bersangkutan, pihaknya wajib menangani.

"Ya kalau ada laporan dan penyerahan, kita tangani, sebab equality before the law. Persamaan hukum pada semua individu," tutur Barung saat dikonfirmasi, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Polisi Sidoarjo Benarkan Pemeriksaan Istri Anggota TNI AU Terkait Komentar di Medsos

Polisi Sidoarjo membenarkan telah menerima laporan dari Polisi Militer Angkatan Udara (POM AU) dengan terlapor istri anggota Satpomau Lanud Muljono Surabaya berinisial FS. Laporan itu karena diduga berkomentar negatif di media sosial tentang penyerangan terhadap Menkopolhukam Wiranto.

"Terkait pelaporan dari POM AU mengenai TP ITE dengan terlapor FS, saya sampaikan benar tadi malam SPKT Polresta Sidoarjo telah menerima laporan tersebut," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Ia menuturkan, saat ini dalam penanganan dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Ia meminta waktu untuk fokus menangani perkara tersebut.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Olok-Olok Berat Badan, Gadis 4 SD Tolak Kerjakan Soal Matematika

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, fat shaming atau body shaming banyak dinilai sebagai bentuk perundungan verbal terhadap berat badan seseorang. Hal inilah yang membuat seorang anak 10 tahun di Utah, Amerika Serikat tidak ingin mengerjakan sebuah soal matematika.

Saat itu, Rhythm Pacheco menolak untuk menjawab salah satu soal matematika yang diberikan kepadanya. Hal ini bukan karena dia tidak tahu jawabannya.

Dilansir dari Prevention pada Minggu (10/12/2019), gadis kelas empat sekolah dasar ini melakukannya karena merasa bahwa soal itu adalah sebuah bentuk fat shaming dan membandingkan berat badan pada perempuan.

Isi soal itu adalah: "Kotak di sebelah kanan menunjukkan berat tiga siswa di kelas 4. Seberapa berat Isabel dibandingkan dengan siswa yang paling ringan?"

Adapun, isi bagan yang tertera di soal matematika itu menunjukkan bahwa berat Isabel adalah 35 kilogram, Irene 29 kilogram, dan Sue 29,238 kilogram.

Sang Ibu Ikut Terkejut

Soal matematika ini diprotes oleh seorang anak SD karena dianggap mengejek berat badan seseorang (Tangkapan Layar Instagram @todayshow)

Rhythm segera memanggil ibunya, Naomi. Dia mengatakan bahwa soal itu tidaklah benar. Melihat soal itu, sontak sang ibu ikut kaget.

"Saya terkejut, saya terkejut, jujur," kata Naomi kepada Fox.

"Saya merasa itu cara yang tidak bertanggung jawab untuk mengajaris oal matematika pada anak-anak," Naomi menambahkan.

Rhtym segera menuliskan catatan pada gurunya alasan dia tidak ingin menyelesaikan soal itu. Tulisannya adalah: "Bukannya tidak sopan, tapi saya merasa soal matematika itu tidak terlalu baik, saya pikir itu menilai berat badan orang."

Kepada Today, Rhythm menceritakan bahwa awalnya dia sangat takut karena akan mendapat masalah. Untungnya, sang guru sudah membicarakan itu dengannya dan sependapat dengannya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

93 Pengungsi Korban Kerusuhan Pulang ke Wamena Diantar Hercules

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Papua - Sebanyak 93 pengungsi yang tinggal sementara di Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.20 WIT tiba di Apron I Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pascakerusuhan pada 23 September 2019.

Puluhan pengungsi itu terbang ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya dengan menumpang pesawat Hercules Milik TNI-AU C-130 dengan No. Reg A - 1336, yang dipiloti Mayor PNB Bandung, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Sabtu (12/10/2019) malam.

Selain 93 orang pengungsi yang tiba di Wamena, sebanyak 21 personel Zipur X juga ikut menumpang pesawat milik TNI AU tersebut.

Puluhan pengungsi itu kemudian dijemput oleh keluarga masing-masing dan 21 personil Zipur X yang di pimpin oleh Sertu Sudirman menuju Ke Kodim/1702 Jayawijaya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan untuk para pengungsi sebanyak 93 orang itu, 88 diantaranya pulang ke rumah masing-masing di Wamena dan 5 orang lainnya kembali kepengungsian sementara di Gedung Tongkonan yang terletak di Jalan Irian Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

"Sebagian besar kembali ke rumah masing-masing dan beberapa diantaranya ke Gedung Tongkonan," katanya.

Sebelumnya, pada 23 September 2019, terjadi kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya hingga menyebabkan puluhan orang meninggal dunia dan luka-luka, serta mengakibatkan ribuan orang mengungsi dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya ke Sentani, Kabupaten Jayapura dan Timika, Kabupaten Mimika.

Diantara ribuan pengungsi itu, ada yang kembali ke Wamena dan juga ada yang memilih untuk sementara kembali ke kampung halaman masing-masing, diantaranya ke Jawa, Sulawesi dan Maluku Utara hingga ke sejumlah daerah lainnya di Indonesia.

<p><strong>* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan <a href="https://play.google.com/store/apps/details?id=com.woi.liputan6.android" rel="nofollow">download aplikasi</a> terbaru Liputan6.com <a href="https://play.google.com/store/apps/details?id=com.woi.liputan6.android" rel="nofollow">di tautan ini</a>.</strong></p>

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurniawan Dwi Yulinto Ikut Terjebak Topan Hagibis di Jepang

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo- Topan Hagibis sedang melanda Jepang akhir pekan ini. Dahsyatnya topan tersebut mengganggu aktivitas warga. Hujan lebat disertai angin kencang juga membuat beberapa agenda olahraga disana terpaksa terhenti.

Topan bukanlah bencana baru bagi Jepang. Namun Topan Hagibis merupakan topan terbesar yang melanda Negeri Matahari Terbit itu. Bencana ini telah menyebabkan sedikitnya tiga orang meninggal dunia dan puluhan ribu mengungsi demi keamanan.

Badan Metereorologi Jepang (JMA), mengatakan, topan Hagibis berpotensi menyebabkan tanah longsor dan banjir. Karena itu JMA meminta warga untuk selalu berhati-hati dan bila perlu mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Kemungkinannya sangat besar seperti tanah longsor dan banjir telah terjadi. Penting mengambil tindakan untuk menyelamatkan hidup anda," JMA dalam jumpa pers seperti dilansir BBC.

 

F1

Topan Hagibis yang sedang mengarah ke Jepang. (NASA)

Topan Hagibis dengan kecepatan angin mencapai 225km/jam berpotensi menghantam ibu kota, Tokyo pada hari Sabtu dan Minggu. Akibatnya, sejumlah saran transportasi umum berhenti beroperasi dan supermarket yang menjual bahan makanan diserbu warga.

Dua laga kejuaraan dunia rugbi—Inggris vs Prancis dan Italia vs Selandia Baru juga terpaksa dibatalkan dan dianggap berakhir seri. Ini merupakan pembatalan pertama sejak 32 tahun terakhir. Sementara empat laga lainnya menunggu perkembangan pada hari Minggu.

Selain Rugbi, babak kualifikasi balapan Formula 1 yang seharusnya berlangsung di Sirkuit Suzuka, terpaksa dibatalkan.

Si Kurus

Ombak menghantam pemecah gelombang di sebuah pelabuhan di Kota Kiho, Prefektur Mie, Jepang, Jumat (11/10/2019). Topan Hagibis yang diprediksi akan menerjang Jepang diperkirakan memiliki kecepatan angin maksimal sebesar 162 kilometer per jam. (AP Photo/Toru Hanai)

Sementara itu, mantan striker timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto tengah berada di Jepang mengikuti kursus kepelatihan. Topan Hagibis membuatnya khawatir. Lewat akun Instargam-nya, Kurniawan sempat memperlihatkan hujan deras disertai angin yang terjadi di sana.

"Ya Allah, lindungilah hamba dan semua yang ada di sini ya Allah," tulis Kurniawan.

Dalam kolom komentar, Kurniawan juga sempat menyampaikan kalau badai terbesar belum tiba. "Alhamdulillah, sejauh ini masih aman. Mudah-mudahan tetap aman karena badai terbesar belum datang," ujar Kurniawan membalas komentar salah seorang followernya.

Kurniawan telah berada di Jepang sejak awal Oktober lalu. Jebolan primavera Itu mengikuti program AFC Pro Diploma Coaching coach di Cerezo, Osaka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Jadi ke-50, Samsung Electronics Indonesia Ajak Karyawan Percantik Kamal Muara

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam aksi sosial yang diadakan tahun ini, Samsung Electronics Indonesia mengajak para karyawannya serta komunitas Samsung Member, untuk mengikuti aksi sosial bersama. Aksi sosial tersebut diadakan di pemukiman nelayan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara tepatnya di Kampung Pelangi.

Tahun ini, ada 55 peserta yang tergabung dari karyawan dan komunitas Samsung Member. Para karyawan dan Samsung Member diberikan berbagai tugas, yaitu mengecet jalan, fasilitas umum, membantu pelatihan hidroponik dan kegiatan edukatif untuk anak-anak.

Agenda aksi sosial tahunan ini diberi nama "Global Volunteering Month." Kegiatan sosial ini merupakan kegiatan sosial yang sudah diadakan sejak 2014 lalu. Hingga kini, pihak Samsung telah membangun beberapa rumah layak bagi masyarakat di daerah Sentul – Bogor, merenovasi beberapa sekolah, dan melakukan donor darah secara rutin.

1. Antusias Karyawan

Sumber: Samsung

Pelatihan yang diadakan oleh Samsung Electronics Indonesia bukan hanya mendapatkan antusias dari para warga Kamal Muara, tetapi para karyawan Samsung sendiri yang mengikuti aksi sosial ini juga merasa senang dan sangat antusias.

"Saya bangga menjadi bagian dari Samsung Electronics Indonesia yang benar-benar berkontribusi nyata di Indonesia, Samsung tidak hanya menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi produk dan layanan, tetapi juga memiliki aksi sosial yang konsisten dilakukan seperti hari ini. Saya juga bahagia melihat warga Kamal Muara yang antusias sekali mengikuti setiap program, dan membuat kami semakin semangat memberikan waktu dan berbagai pengalaman yang dapat membuka peluang baru bagi mereka," tutur Purnama Santy, salah satu karyawan Samsung yang mengikuti kegiatan aksi sosial hari ini, Sabtu (12/10/2019) di Kamal Muara, Jakarta.

2. Aksi Sosial yang Rutin Dilakukan

Sumber: Samsung

Aksi sosial yang diadakan oleh pihak Samsung ini sudah berjalan lima tahun dan terus dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Vice Presiden Samsung Electronics Indonesia yakni KangHyun Lee juga menegaskan, bahwa Samsung memfasilitasi karyawannya untuk dapat terus mengikuti aksi ini setiap tahunnya. Ia juga mengatakan, dalam rangka memperingati hari jadi Samsung yang ke-50 ia mengajak untuk para komunitas Samsung Member agar dapat mengikuti terus kegiatan sosial ini.

"Kami memfasilitasi karyawan kami untuk berpartisipasi dalam aksi sosial ini, dan kami sudah melakukannya secara rutin selama lima tahun belakangan ini. Dalam rangka memperingati hari jadi Samsung yang ke-50, kami juga mengajak para pengguna Samsung yang tergabung dari komunitas Samsung Member, agar ikut serta dalam aksi sosial sukarelawan yang kami adakan setiap tahun" paparnya.

Samsung juga meyakini, bahwa dengan memberikan kesempatan bagi karyawan dan komunitas Samsung untuk berkontribusi bersama-sama, nantinya terbangun semangat yang positif dan produktifitas sehari-hari dan dapat memperkuat jalinan kerja antar karyawan.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ariel NOAH Ganti Akun Instagram, Kenapa Ya?

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ariel NOAH yang selama ini menggunakan akun Instagram @ariel_inst, kini mengubahnya dengan akun baru. Hal itu diberitahukan Ariel NOAH melalui unggahan terbarunya, Sabtu (12/10/2019). 

Tak hanya itu, Ariel NOAh juga mengingatkan warganet agar berhati-hati.  Bila ada yang mengaku dirinya menggunakan akun @ariel_inst. Ia memastikan kalau itu bukanlah dirinya.

"Nama Instagram account ini sudah diubah menjadi @arielnoah, nama @ariel_inst sudah tidak digunakan lagi, kalau ada yg menggunakan di kemudian hari, itu adalah orang lain," tulisnya. 

Bermanfaat

Sosok pentolan grup band NOAH dalam setiap penampilannya jadi magnet bagi kaum hawa. Sosok yang awet muda dan ganteng ini sampai sekarang masih menduda sejak berpisah dengan  Sarah Amelia pada tahun 2008. (Liputan6.com/IG/@ariel_inst)

Vokalis band NOAH itu berharap akun barunya bisa bermanfaat dan tidak bermasalah di kemudian harinya.  Namun sayangnya Ariel tidak menjelaskan mengapa dirinya mengganti akun Instagramnya.

"Semoga informasinya diterima dengan baik, sehingga tdk menimbulkan kesalahan. Terima kasih Instagram," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituduh Menipu Rp 4,7 Triliun, Miliarder Bersaudara Ini Ditangkap

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orang kaya memang menyenangkan, namun satu hal buruk yang dilakukan bisa berimbas pada seluruh harta kekayaan yang dimiliki. Seperti yang terjadi pada miliarder bersaudara asal India, Singh, yang ditangkap Kepolisian New Delhi atas dasar tuduhan penipuan dan penyalahgunaan dana senilai hampir USD 337 juta atau sekitar Rp 4,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.133).

Shivinder Singh bersama dengan Sunil Godhwani, mantan kepala layanan keuangan perusahaan yang pernah dikelola Singh, ditangkap kepolisian sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Minggu (13/10/2019).

Sementara itu, sang kakak, Malvinder Singh juga turut ditangkap tak lama setelah penangkapan sang adik. Miliarder ini meminjam dana dari Religare Finvest Ltd. namun tidak bisa membayar utang tersebut.

"Perusahaan-perusahaan yang menerima pinjaman mengalami gagal bayar sehingga menyebabkan kerugian sebesar 23,97 miliar rupee atau USD 337 juta," terang Kepolisian New Delhi.

Kakak adik miliarder ini dituduh secara sistematis menyedot dan mengalihkan uang masyarakat umum secara rahasia untuk kepentingan pribadi.

Jatuhnya Salah Satu Klan Bisnis Besar India

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Penangkapan ini menjadi salah satu berita besar karena Singh merupakan salah satu dari sekian klan bisnis yang dipandang menonjol di India. Mereka mewarisi kerajaan bisnis keluarga produsen obat-obatan dan jaringan rumah sakit terbesar kedua di India.

Malangnya, tuduhan penipuan dan pencurian tersebut dengan mudahnya langsung menjatuhkan nama baik mereka dan keluarga Singh. Skandal penipuan dan pencurian sering terjadi pada mereka berdua.

Pengadilan Singapura bahkan telah memerintahkan mereka untuk membayar USD 493 juta kepada produsen obat asal Jepang, Daiichi Sankyo Co karena dituduh menyembunyikan informasi penting selama proses penjualan Ranbaxy Laboratories Ltd (perusahaan obat milik Singh).

Tak hanya itu, dalam dua tahun terakhir, regulator pasar saham India menuduh Singh bersaudara melakukan penipuan bisnis jaringan rumah sakit dan jasa keuangan yang mereka bangun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Portugal Waspadai Risiko Mata Uang Libra

Posted: 12 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mata uang digital garapan Facebook, Libra, kembali mendapat tanggapan negatif.

Terkini, Portugal menyebut bahwa Libra tidak boleh beredar dan beroperasi hingga risiko yang mungkin berdampak pada sistem keuangan global, bisa diatasi.

Sudah jelas bahwa Libra berpotensi membawa dampak sistemik," kata Ricardo Mourinho Felix, sekretaris untuk bidang keuangan negara, sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (13/10/2019).

Felix menyoroti bahwa Portugal memahami kekhawatiran yang telah diungkapkan oleh negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.

Meskipun demikian, Felix menekan risiko yang dia maksud adalah risiko bahwa "Libra dapat membatasi jangkauan alat kebijakan moneter tradisional" dan "dapat berdampak signifikan pada kebijakan yang saat ini mempromosikan stabilitas sistem keuangan".

Peluncuran Libra

Peluncuran Libra kemungkinan akan ditunda. Hal ini disebabkan masih terganjal regulasi. Regulator dari Eropa dan beberapa wilayah lain masih berdiskusi mengenai kekhawatiran dari layanan Libra.

Penundaan tersebut diungkapkan oleh Libra Association kepada Reuters. "Ketika kami mengumumkannya pada Juni, itu adalah Bintang Utara kami. Hal yang penting adalah kami harus mematuhi regulator, dan perlu memastikan bahwa mereka ada bersama kami, dan sepenuhnya nyaman dengan solusi kami," ungkap Managing Director Libra Association, Bertrand Perez, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (1/10/2019).

"Kami tahu, kami harus menjawab banyak pertanyaan yang berasal dari regulator di kedua sisi Atlantik, dan dari bagian dunia yang lain," tambahnya dalam wawancara di kantor PBB di Jenewa, Swiss.

Libra Association

Facebook dikenal sebagai pelopor pengembangan Libra, dan akan membuat "dompet" konsumen pertama untuk mata uang tersebut melalui anak perusahaannya, Calibra.

Pengembangan sebenarnya layanan ini akan diserahkan kepada Libra Association, sebuah organisasi yang berkantor pusat di Jenewa.

Asosiasi ini dijalankan oleh konsorsium pendukung awal Libra, termasuk Visa, Lyft, Vodafone, dan Coinbase. Facebook salah satu di antara banyaknya mitra yang bergabung.

Kendati demikian, Facebook dalam praktiknya akan memiliki sejumlah besar kontrol. Bahkan, perusahaan dilaporkan membayar gaji sekira enam karyawan asosiasi tersebut.

Upaya Facebook menghadirkan Libra menuai banyak kritik dari berbagai pihak. Prancis dan Jerman bahkan telah mengatakan akan memblokir Libra dari operasional di Eropa.

Kongres Amerika Serikat (AS) pada Juli lalu meminta Facebook untuk menangguhkan pengembangan Libra. Penundaan dilakukan sampai anggota parlemen memiliki lebih banyak waktu untuk menyelidiki risiko dari layanan tersebut.

Kekhawatiran tentang risiko ini tidak hanya dari sisi keamanan, tapi juga dikhwatirkan dapat membahayakan stabilitas keuangan AS dan dunia.

(Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Foto Editan Babe Cabita Jadi Poster Film Ini Bikin Ketawa Geli, Kocak Abis

Posted: 12 Oct 2019 07:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Priya Prayogha Pratama atau yang lebih dikenal dengan nama Babe Cabita merupakan salah satu komika Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) yang terkenal di Indonesia. Babe Cabita keluar sebagai juara dalam ajang stand up comedy di salah satu televise swasta dan buat namanya dikenal banyak orang.

Pria kelahiran Medan, 5 Juni 1989 ini juga dikenal sebagai salah satu pelawak dan aktor. Sudah banyak juga film yang diperankan oleh sosok yang identik dengan rambut keriting ini. Selain itu sosok yang sudah memilki anak satu ini juga aktif dalam dunia YouTube dan Instagram.

Kerap kali suami dari Zulfati Indraloka membuat konten lucu yang kerap kali bikin gelak tawa. Babe Cabita kerap kali mengunggah berbagai editan foto dengan berbagai poster film yang tampak nyeleneh. Seperti yang ia lakukan baru-baru ini mengunggah foto dirinya bergaya ala Joker.

Berikut Liputan6.com rangkum dari akun instagramnya @babecabiita 6 potret editan Babe Cabita ala poster iilm ini bikin ketawa geli dan kocak abis, Minggu (13/10/2019).

1. Jika di filmnya bernama Joker, kalau Babe biasa dipanggil Boker.

Potret Editan Babe Cabita Ala Poster Film Ini Bikin Ketawa Geli, Kocak Abis (sumber:Instagram/babecabiita)

2. Gundala ala Babe Cabita, nangis karena topengnya enggak muat di kepala.

Potret Editan Babe Cabita Ala Poster Film Ini Bikin Ketawa Geli, Kocak Abis (sumber:Instagram/babecabiita)

3. Sungguh poster film Hababe dan Ainun yang sangat memesona.

Potret Editan Babe Cabita Ala Poster Film Ini Bikin Ketawa Geli, Kocak Abis (sumber:Instagram/babecabiita)

4. Perasaan Sakhrukh Khan-nya enggak gini ya?

Potret Editan Babe Cabita Ala Poster Film Ini Bikin Ketawa Geli, Kocak Abis (sumber:Instagram/babecabiita)

5. Duet antara Babe Cabita dan Roy Kiyoshi dalam film Roy Story.

Potret Editan Babe Cabita Ala Poster Film Ini Bikin Ketawa Geli, Kocak Abis (sumber:Instagram/babecabiita)

6. Bumblebee ala Babe Cabita yang mantap abis.

Potret Editan Babe Cabita Ala Poster Film Ini Bikin Ketawa Geli, Kocak Abis (sumber:Instagram/@kangwilss_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Dahsyatnya Topan Hagibis hingga Khasiat Soda Kue bagi Tubuh Jadi Sorotan

Posted: 12 Oct 2019 07:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang Topan Hagibis yang menghantam Jepang pada Sabtu, 12 Oktober 2019 menjadi salah satu yang paling banyak dibaca pada kanal Global Liputan6.com edisi Miinggu 13 Oktober 2019.

Menyikapi potensi bencana, KBRI Tokyo serta KJRI Osaka sudah mengeluarkan imbauan kepada WNI yang tinggal di Jepang untuk waspada dan mengikuti perkembangan.

Berita populer kedua, Topan Hagibis telah menelan satu nyawa, setelah korban terguling bersama truk yang ditumpanginya.

Kabar menarik lainnya, kegunaan soda kue untuk merawat tubuh, dari rambut hingga kaki.

Berikut ringkasan Top 3 berita terpopuler edisi Minggu (12/10/2019) di kanal Global, Liputan6.com:

1. Topan Menghantam Jepang, KBRI dan KJRI Jepang beri Imbauan

Dua orang pria melihat ombak yang menerjang daratan di sebuah pelabuhan di Kota Kiho, Prefektur Mie, Jepang, Jumat (11/10/2019). Topan Hagibis yang diprediksi akan menerjang Jepang juga membawa angin serta hujan pada Sabtu mendatang. (AP Photo/Toru Hanai)

Topan Hagibis mendekati wilayah daratan Pulau Honshu, Jepang, sejak Sabtu, 12 Oktober 2019 dini hari. Otoritas setempat telah memberikan peringatan kepada seluruh warga untuk waspada, termasuk kemungkinan banjir dan longsor akibat curah hujan tinggi dan meluapnya air sungai.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka juga sudah mengeluarkan imbauan kepada WNI yang tinggal di Jepang untuk selalu awas diri dan mengikuti perkembangan informasi terkini, serta arahan otoritas setempat.

Selengkapnya...

2. Topan Hagibis Telan Satu Nyawa

Gambar yang diambil oleh Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) pada satelit Aqua NASA menunjukan Topan Hagibis ketika awan bagian luarnya mendekati Jepang. (earthobservatory.nasa.gov)

Topan Hagibis yang menghantam Jepang pada Sabtu, 12 Oktober 2019 dilaporkan menelan korban jiwa pertamanya. Seorang pria berusia 49 tahun ditemukan tak sadarkan diri di sebuah truk mini yang terguling akibat terpaan angin kencang di Chiba, timur Tokyo.

"Dia sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat, tetapi kemudian meninggal," kata Hiroki Yashiro, juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Ichihara, Chiba, dikutip dari Channel News Asia pada hari ini.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengatakan, pusat badai diperkirakan mendarat di tengah atau timur Jepang pada Sabtu malam, dengan embusan angin maksimum sebesar 216 km/jam.

Selengkapnya...

3. Khasiat Soda Kue untuk Perawatan Tubuh

Selain untuk membuat kue, baking soda memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan Anda.

Anda tidak pernah membayangkan betapa mudahnya memperindah penampilan tanpa menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kecantikan atau pergi ke dokter spesialis kulit.

Bahan pengembang adonan kue, baking soda atau soda kue, dapat memberikan hasil ajaib pada tubuh Anda. Selain praktis dan ringkas, cara membuatnya pun tidak ribet.

Selengkapnya...

 

Reporter: Windy Febriana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabut Asap Pekat Kembali Selimuti Kota Jambi

Posted: 12 Oct 2019 07:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali menyelimuti Kota Jambi. Kabut asap kembali pekat dua hari ini.

"Meski sempat turun hujan, namun dalam beberapa hari terakhir kabut asap kembali pekat," kata warga Kota Jambi, Zebua di Jambi, seperti dilansir Antara, Minggu (13/10/2019).

Dalam dua hari terakhir, terutama pada pagi hari kabut asap di Kota Jambi begitu pekat. Kabut asap ini merupakan asap kiriman dari daerah kabupaten yang mengalami karhutla di provinsi itu.

Berdasarkan data yang dirilis pemerintah Kota Jambi, dari hasil pengukuran Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menggunakan alat pengukur kualitas udara Air Quality Monitoring System (AQMS), pukul 06.30 WIB, Sabtu 12 Oktober 2019, nilai konsentrasi parameter partikulat PM 2.5 mencapai 630. Angka ini di atas baku mutu, yang artinya kualitas udara tersebut berbahaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi Ardi menjelaskan, titik panas yang terdeteksi di Provinsi Jambi berada di bagian tenggara dan timur dari kota itu. Sementara arah angin dari timur tenggara, sehingga asap karhutla tersebut terdampak ke Kota Jambi.

"Hujan yang turun kemungkinan hanya membasahi bagian atas, namun tidak sampai ke gambut bagian bawah," kata Ardi.

Tidak hanya di Kota Jambi, kabupaten lainnya saat ini turut terdampak kabut asap karhutla, seperti Kabupaten Batanghari, Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro Jambi.

 

Kiriman dari Provinsi Lain

Lantaran pekatnya kabut asap, Bandara Sultan Thaha, Jambi lumpuh siang tadi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batanghari, Nazhar mengakui, memang masih ada sejumlah lahar yang terbakar di daerah itu. Namun, kabut asap yang terjadi beberapa hari ini merupakan asap kiriman dari Sumatera Selatan.

"Kabut asap di daerah kita itu kiriman dari Provinsi Sumatera Selatan," kata Nazhar.

Sementara itu, di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kabut asap kembali pekat terjadi di daerah itu sejak sepekan terakhir. Namun tiga hari terakhir, kabut asap tersebut semakin pekat, terutama pada pagi hari.

"Kalau pagi hari asapnya sangat pekat, sekira pukul 14.00 WIB barulah kabut asap tersebut berkurang," kata Warga Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Samsul.

Menurut Samsul, kabut asap yang terjadi di daerah itu akibat karhutla yang kembali terjadi di Taman Nasional Berbak Tanjung Jabung Timur. Karena sebagian besar lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan gambut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap 3 Wakil Indonesia di Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019

Posted: 12 Oct 2019 07:20 PM PDT

Kazan - Indonesia berhasil mengirim tiga wakil di final Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019 yang digelar di Kazan, Rusia, Minggu (13/10/2019) sore.

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin akan menghadapi unggulan pertama yang juga berasal dari China, Di Zi Jian/Wang Chang. Ini akan menjadi pertemuan kelima bagi kedua pasangan.

Pertemuan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019 nanti diprediksi bakal berlangsung sengit karena masing-masing telah mengantongi dua kemenangan alias imbang.

Di nomor ganda campuran, Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil akan bersua unggulan kedua Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling. Peluang Leo/Indah untuk mempertahankan gelar terbuka lebar. Dari catatan pertemuan, Leo/Indah unggul 3-1 atas Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling.

Sementara, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akan meladeni unggulan keempat Lin Fang Ling/Zhou Xin Ru. Laga final ini akan menjadi pertemuan perdana bagi mereka.

Pencapaian Indonesia pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019 cukup positif. Pada edisi tahun lalu di Kanada, hanya dua ganda campuran yang lolos ke final, yakni Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil dan Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Jadwal Pertandingan

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di Kejuaraan Dunia Junior Bulu Tangkis 2019. (PBSI)

Pertandingan mulai digelar pada pukul 13.00 waktu Kazan atau 16.00 WIB

Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil Vs Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling (partai pertama)

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi Vs Lin Fang Ling/Zhou Xin Ru (partai keempat)

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin Vs Di Zi Jian/Wang Chang (partai kelima)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi/ Editor Aditya Wicaksono , Pubished 13/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Ilustrasi Kuntilanak Saat Keluar dari Sumur, Bukan Takut Malah Bikin Ketawa

Posted: 12 Oct 2019 07:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kuntilanak identik dengan karakter hantu yang menakutkan di Indonesia. Menyerupai wanita dengan rambut panjang serta gaun putih bikin semua orang membayangkannya saja sudah merinding. 

Terlebih beredar film-film horor yang menggambarkan keseraman kuntilanak tersebut. Walaupun di setiap daerah sosok kuntilanak ini dikenal dengan bermacam-macam nama. Namun yang jelas, kuntilanak identik dengan hantu perempuan memakai kain putih dan berambut panjang.

Enggak jarang banyak video yang beredar memperlihatkan penampakan kuntilanak. Salah satu tempat yang sering kuntilanak menampakkan diri ialah di tempat sepi, seperti sumur tua. Seperti di film The Ring saat hantu perempuan bernama Sadako keluar dari sumur dan membuat takut orang yang melihatnya.

Namun, baru-baru ini ada ilustrasi kocak yang dibuat untuk menirukan saat kuntilanak keluar dengan berbagai gaya. Berikut Liputan6.com rangkum dari akun Instagram @ghosthunter_story 5 ilustrasi style kuntilanak saat keluar dari sumur, bukannya takut malah bikin ketawa, Minggu (13/10/2019).

1. Gaya umum saat kuntilanak keluar dari sumur, tampak menakutkan.

Ilustrasi Style Kuntilanak Saat Keluar Dari Sumur, Bukan Takut Malah Bikin Ketawa (sumber:instagram/@ghosthunter_story)

2. Sci-Fi style dengan kuburnya kebuka sendiri dan jojo style.

Ilustrasi Style Kuntilanak Saat Keluar Dari Sumur, Bukan Takut Malah Bikin Ketawa (sumber:instagram/@ghosthunter_story)

3. Gaya dobrak pintu, dan gaya kuntilanak dengan jadi santa bersama rusanya.

Ilustrasi Style Kuntilanak Saat Keluar Dari Sumur, Bukan Takut Malah Bikin Ketawa (sumber:instagram/@ghosthunter_story)

4. Kuntilanak versi Pokeman dan superstar style.

Ilustrasi Style Kuntilanak Saat Keluar Dari Sumur, Bukan Takut Malah Bikin Ketawa (sumber:instagram/@ghosthunter_story)

5. Kuntilanak ala Iron Man dalam film Marvel dan rockstar style.

Ilustrasi Style Kuntilanak Saat Keluar Dari Sumur, Bukan Takut Malah Bikin Ketawa (sumber:instagram/@ghosthunter_story)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didiagnosis Alergi Makanan, Penyakit Langka Nyaris Membunuh Bocah Ini

Posted: 12 Oct 2019 07:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petugas medis tak sadar bahwa Gabriella Bondi, seorang anak berusia delapan tahun, mengalami sebuah infeksi langka. Mereka mengatakan pada sang ibu bahwa bocah perempuan itu mengalami alergi makanan.

Kejadian itu berawal ketika Agustus lalu, bocah yang akrab disapa Gabby itu dibawa ke rumah sakit usai mengalami kulit kering, rambut rontok, dan ruam berwarna merah di sekujur tubuhnya. Sang ibu, Christine, diberitahu bahwa dokter mencurigai putrinya terkena alergi makanan tertentu.

"Dia mengirim kami pulang dengan harapan bahwa dia akan merasa lebih baik," kata ibu 35 tahun seperti dilansir dari Mirror pada Minggu (10/12/2019). Tidak lupa, dokter juga membawakannya obat.

Namun, jelang malam, kondisi anak asal Colorado, Amerika Serikat itu memburuk. Ruam berwarna merah nan menyakitkan menyebar ke seluruh tubuhnya. Bahkan, kondisi itu juga membuat kulitnya seperti terbakar matahari.

Mengalami Sindrom Syok Toksik

Kesalahan diagnosis membuat nyawa anak itu nyaris tidak terselamatkan (Ilustrasi/iStockphoto)

Christine mencoba membuat sang putri merasa lebih baik malam itu. Namun keesokan harinya, ruam dan lesi yang dialaminya semakin parah. Bahkan, terjadi pembengkakan. Anak itu pun kembali dibawa ke rumah sakit

Saat di rumah sakit, dokter mendiagnosis Gabby terkena Scarlet Fever dan dikembalikan ke rumah bersama obat. Namun tak lama, kondisinya memburuk lagi. Bocah itu segera dilarikan ke rumah sakit anak pusat.

"Dia menggunakan antibiotik infus yang sangat kuat tapi pada saat itu dia dicurigai terkena sesuatu seperti Staphylococcal Scalded Skin Syndrome (SSSS), Sindrom Stevens Johnson, atau Toxic Necrolysis Epidermal," kata Christine.

Dokter menyatakan bahwa Gabby mengalami sindrom syok toksik yang disebabkan oleh infeksi impetigo yang sesungguhnya tidak parah jika ditangani dengan cepat.

"Kami bahkan tidak pernah berpikir sedetik pun itu bisa berubah menjadi sesuatu yang mengancam jiwa," kata Christine. Dia mengatakan, diagnosis yang salah membuat kondisi itu menjadi lebih sulit diidentifikasi.

Harus Menunggu Setahun Hingga Benar-Benar Pulih

Kesalahan diagnosis membuat nyawa anak itu nyaris tidak terselamatkan (Foto: iStockphoto)

Gabby pun dirawat 72 jam seusai mengalami gejala pertamanya. Meskipun jantung dan ginjalnya sempat mengalami masalah, beruntungnya bahwa dia tidak mengalami kegagalan organ yang bisa membunuhnya.

"Jika kami menerima diagnosis alergi makanan dan tidak segera kembali, Gabby mungkin tidak akan bersama kami hari ini."

Gadis itu diberikan antibiotik infus. Beberapa minggu kemudian, ia juga mengonsumsi antibiotik oral. Walau begitu, keadaan itu membuatnya harus menunggu hingga setahun sampai benar-benar pulih.

Selain itu, kondisi tersebut rentan kembali jika Gabby nantinya mengalami menstruasi menggunakan tampon.

"Jadi kami harus selalu waspada untuk memeriksa kulitnya apakah ada tanda kemerahan, gatal, atau lesi."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Terenyuh Kakek Asal Tarutung yang Terlantar di Halte

Posted: 12 Oct 2019 07:13 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Lalat mulai mengerumuni tubuh renta kakek yang terbaring di Halte Tomang Elok, Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara. Hanya sebuah terpal yang memisahkan tubuhnya dengan lantai halte tersebut.

Tubuhnya meringkuk, menahan embusan angin ke tubuhnya. Sebuah kardus kecil berisi sejumlah uang tergeletak di sampingnya.

Seorang perempuan yang kebetulan lewat di halte itu pada Senin 7 Oktober 2019, berinisial ALK, kemudian mencoba bertanya kepada kakek ini. "Dibilang kakek ini, dia dari Tarutung. Dia ke Medan sama keluarganya, cuma ditinggal di sini sudah beberapa hari ini" kata ALK seperti dilansir dari Antara, Minggu (13/10/2019).

Melihat kondisi kakek bermarga Panggabean itu, ALK berniat membawanya ke rumah sakit. Namun, seorang pria datang menghampiri ALK dan melarangnya untuk membawa kakek tersebut.

"Enggak usah, biar aku yang ngerawat. Orang ku kasih makan enak di sini kok dia," ucap ALK menirukan suara pria tersebut.

Sempat terjadi perdebatan beberapa saat, namun akhirnya pria tersebut membiarkan ALK membawa Panggabean ke Rumah Sakit Advent Medan. Sesampainya di rumah sakit, Panggabean langsung mendapat perawatan.

Saat diperiksa, tubuh kurusnya dipenuhi dengan luka memar di bagian punggung dan kaki.

Bingung lantaran Panggabean ditemukan seorang diri, ALK kemudian mengunggah foto kakek tersebut ke akun Instagramnya dengan niat agar pihak keluarga bisa menemukan.

Kemudian pada Selasa 8 Oktober 2019, petugas dari Dinas Sosial (Dinsos) Medan mengunjungi Panggabean. "Mereka bilang mau menanggung pengobatan Panggabean," ujar ALK. Sorenya, Panggabean dirujuk ke RSUD Pirngadi Medan.

Ketika dirawat, kondisi kakek Panggabean memilukan. Sabtu 12 Oktober 2019, dia terbaring lemah di atas tempat tidur. Sesekali tubuhnya kejang disusul dengan embusan nafas panjang.

"Sering kejang-kejang seperti ini, karena kondisi tubunya demam," ujar ALK.

 

 

RS Minta Kakek Panggabean Dibawa Pulang

Ilustrasi Kemiskinan. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Perempuan 25 tahun itu menuturkan, pihak rumah sakit mengatakan kakek Panggabean sudah bisa dibawa pulang Sabtu kemarin. 

"Kata pihak rumah sakit kakek ini sudah bisa pulang, padahal waktu dicek suhu tubuhnya tinggi sampai 38 derajat. Tubuhnya pun masih lemas, dari hasil rontgen, diketahui ada masalah pada tulang belakangnya," ungkap ALK.

Mendengar kabar tentang kakek Panggabean yang terlantar, Kepolisian Daerah Sumatera Utara pun turun tangan. Polisi bergegas membawa kakek Panggabean ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Medan.

"Sesuai dengan atensi Pak Kapolda dan Pak Wakapolda, kita akan berikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Kita akan rawat pasien sampai sehat," kata Kepala Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Sumut Medan, Kombes A Ginting di Medan, Sabtu malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas Indonesia U-22 Vs Yordania: Wajib Raih Kemenangan

Posted: 12 Oct 2019 07:10 PM PDT

Wuhan - Timnas Indonesia U-22 bertemu Yordania pada laga lanjutan turnamen CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019 di Stadion Wuhan Sport Center, Minggu (13/10/2019). 

Buat Timnas Indonesia U-22, ini menjadi penampilan kedua mereka di CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019. Pada laga perdana melawan China (11/10/2019), pasukan Indra Sjafri harus mengakui kekalahan 0-2.

Adapun buat Yordania, ini menjadi laga terakhir mereka di turnamen tersebut. Pada dua laga awal, anak asuh Ahmed Abdel Qader belum pernah menang yakni kalah 0-2 dari China dan 0-1 dari Arab Saudi.

Jadi, bisa dipastikan laga ini akan menjadi panggung pelampiasan buat kedua tim. Timnas Indonesia U-22 bernafsu meraih kemenangan karena masih memiliki satu laga sisa melawan Arab Saudi, sedangkan Yordania ingin menang agar menutup turnamen dengan hasil positif.

Pelatih Indra Sjafri diyakini masih akan mengandalkan skema permainan 4-3-3. Perubahan diprediksi hanya akan sedikit terjadi di lini belakang, sedangkan lini depan masih akan dihuni trio Irkham Milla, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli.

Sama seperti tipikal tim Timur Tengah, Yordania dikenal memiliki permainan yang mengandalkan fisik tinggi. Yordania tak akan ragu untuk terus-terusan menggempur lini pertahanan Timnas Indonesia U-22.

Skema terbaik adalah bertahan dan kemudian melakukan manuver tinggi dengan serangan balik. Jika Timnas Indonesia U-22 mengandalkan permainan terbuka, kekhawatiran yang akan muncul adalah kehabisan tenaga.

Permainan seperti ini tentu akan membuat Timnas Indonesia U-22 bisa mengatur tempo di mana harus menyerang di mana harus bertahan. Celah dari Yordania bisa dimanfaatkan dengan memaksimalkan serangan balik dari sektor sayap yang dihuni Egy Maulana Vikri dan Irkham Milla.

Yordania menjadi tim asal Timur Tengah pertama yang dihadapi Timnas Indonesia U-22 pada 2019. Ini tentu akan menjadi pengalaman tersendiri sehingga para pemain bisa mendapatkan pelajaran dari tim yang mengandalkan kemampuan fisik dalam bermain.

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Nadeo Argawinata (kiper), Firza Andika, Andi Setyo, Nurhidayat, Asnawi Bahar (belakang), Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Sani Rizky (tengah), Irkham Milla, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli (depan)

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

Yordania (4-3-3): Raafat Al Rabie (kiper), Saad Al Rousan, Moaz Al Ammouri, Hadi Al Hourani, Ehab Al Khawaldeh (belakang), Ahmad Thaer, Nizar Al Rashdan (tengah), Mohammad Abdul Muttalib, Omar Hani, Mohammed Al Zou Alaiman (depan).

Pelatih: Ahmed Abdel Qader (Yordania)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap/ Editor Wiwig Prayugi, Pubished 13/10/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: