Kamis, 17 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Garuda Select Tantang Juventus, Inter Milan, atau AC Milan

Posted: 17 Oct 2019 02:55 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program Garuda Select terus berlanjut. Tahun depan, program kerja sama antara PSSI dan Mola TV tersebut bakal melakukan pertandingan uji coba di Italia.

Perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso mengungkapkan, Garuda Select dijadwalkan melawan tim-tim top Italia. Selain itu, Garuda Select yang berkekuatan 24 pemain bakal melawan tim Italia yang dimiliki Djarum yakni, Como.

"Sampai Januari, mereka di Inggris, setelah itu ke Italia. Bakal uji coba melawan Como, tim kita punyanya Djarum. Garuda Select juga bakal menghadapi Juventus, Inter Milan atau AC Milan. Setelah itu, mereka balik lagi ke Inggris," ucap Mirwan di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Lebih lanjut, Mirwan mengatakan, pihaknya tidak sembarangan menanam investasi dengan membiayai program bersama PSSI. Mola TV ingin membantu membentuk Timnas Indonesia yang kuat.

"Kita menyembatani perbedaan fisik antara pemain Indonesia dengan luar negeri. Ketika kita bawa ke Inggris, hari pertama ada enam pemain yang kram," ucapnya.

"Kita bikin program ini untuk memperlihatkan kepada pemain muda mengenai cara kerja pemain profesional di sana," ujar Mirwan menegaskan.

Skuad Garuda Select akan mendapatkan pengembangan dari banyak aspek. Misalnya, mendapatkan materi pembinaan usia muda sesuai standar Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Lalu, juga di tingkat kemampuannya dengan memanfaatkan sport science. Hal yang tentunya bagus, lantaran bisa menunjang perkembangan pemain muda dengan baik.

Di Inggris, Garuda Select juga dilatih oleh sosok yang sangat berpengalaman di sepak bola. Mereka adalah jebolan Timnas Inggris yakni Dennis Wise dan Des Walker.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Program Selain Garuda Select

Mirwan Suwarso, perwakilan Mola TV dan Eva Celia. (Liputan6.com/Cakrayuri Nuralam)

Lebih lanjut, Mirwan mengatakan, pihaknya mempunyai banyak program selain Garuda Select, yakni Liga Inggris, otomotif, hingga tinju. Selain olahraga ada beberapa acara pendukung yang membuat Mola TV punya banyak penggemar.

"Dalam dua bulan kita sudah punya 12 juta penonton. Yang sudah menjadi pelanggan atau berbayar 2,1 juta. Kita punya Liga Inggris, Piala Eropa 2020, 52 pertandingan. Kita yang punya hak, kalau tv biasa hanya 39. Mola punya 13 pertandingan ekslusif. Kami juga menjadi mitra PSSI untuk pertandingan Timnas Indonesia sampai Piala Soeratin."

"Selain sepak bola, kami memanjangkan olahraga lain, otomotif, basket, tinju.Kami juga punya ratusan film, tinggal download aplikasi, tidak perlu bayar. Kami juga menyediakan film yang tidak disiarkan di bioskop. Minimal dalam satu bulan ada satu atau dua film baru," kata Mirwan.

Mola TV juga menyiapkan beberapa acara, seperti Putro Putri Dalem Mengabdi, Masakan Rumah by Happy Salma, Blusukan Butet Kartaredjasa, Dinner with Sophia, hingga Football Family.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Rumah Mewah Uya Kuya, Bak Istana

Posted: 17 Oct 2019 02:50 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Surya Utama atau yang lebih dikenal dengan nama Uya Kuya merupakan salah satu artis populer di Indonesia. Uya mengawali kariernya di dunia hiburan sejak 90-an. Ia juga sempat menjadi personel grup vokal Tofu pada 1999. Namun, ia hengkang dari grup vokal yang melambungkan namanya tersebut dan memilih untuk bersolo karier.

Pria kelahiran Bandung, 4 April 1975 ini mengawali karier solonya dengan bermain film bertajuk Cinta 24 Karat. Namanya semakin melambung setelah memandu acara Uya Emang Kuya yang menampilkan street magic.

Perjuangan suami Astrid ini berbuah hasil, kini Uya Kuya menjadi salah satu artis yang paling sukses di Tanah Air. Ia juga lebih dikenal sebagai pembawa acara. Banyaknya program acara dan berbagai macam bisnis yang dijalani membuat kehidupan Uya berkecukupan.

Ia dan keluarga kecilnya juga dikenal memiliki banyak koleksi barang mewah dengan brand ternama di dunia. Tak hanya itu, huniannya pun tak jauh dari kata mewah. Ia berhasil mewujudkan rumah impiannya yang megah bak istana.

Rumah Uya Kuya pun dilengkapi dengan 58 CCTV. Penasaran seperti apa rumah mewah Uya Kuya? Berikut potretnya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (17/10/2019).

1. Begini potret ruang tamu Uya Kuya, rumahnya berdesain gaya American Classic.

Uya Kuya (Sumber: Youtube/Carolline Elvia)

2. Tangga rumah Uya Kuya bernuansa putih dengan ditambah warna gold sedikit agar tidak terlalu klasik.

Uya Kuya (Sumber: Youtube/Carolline Elvia)

3. Begini potret dapur di rumah Uya Kuya, warna putih pun masih mendominasi.

Uya Kuya (Sumber: Youtube/Carolline Elvia)

4. Ruang makannya pun terlihat mewah dan diberi aksen warna merah.

Uya Kuya (Sumber: Youtube/Carolline Elvia)

5. Kolam renang di rumah Uya Kuya terlihat besar dan luas bak hotel berbintang.

Uya Kuya (Sumber: Youtube/Carolline Elvia)

6. Kamar tidur Uya Kuya terlihat mewah dengan tirai bak kerajaan.

Uya Kuya (Sumber: Youtube/Carolline Elvia)

7. Di rumah Uya Kuya terdapat koleksi boneka milik sang istri, Astrid. Koleksi bonekanya dibanderol dengan harga sekitar 30 juta.

Uya Kuya (Sumber: Youtube/Carolline Elvia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMP 2020 Naik, Pengusaha Harap Pekerja Kurangi Demo

Posted: 17 Oct 2019 02:46 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha berpesan agar kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar 8,5 persen di tahun 2020, bisa diimbangi performa kerja yang kuat dan mengurangi demo. Hal itu mengingat karena keadaan ekonomi Indonesia sedang kena dampak pelemahan ekonomi global.

"Kenaikan UMP 2020 harus diimbangi dengan kenaikan produktivitas," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Berdagangan Benny Soetrisno kepada Liputan6.com, Kamis (17/10/2019). Namun, Benny menilai kenaikan UMP hanya berkontribusi sebesar 10 persen pada produktivitas.

Lebih lanjut, Benny mencatat bahwa alangkah baiknya jika kenaikan UMP tidak hanya bergantung pada inflasi, melainkan harus mempertimbangkan produktivitas perusahaan. Ia justru lebih mendukung pemakaian merit system untuk pengupahan.

"Kenaikan produktivitas perusahaan masing-masing akan lebih relevan terhadap kenaikan UMP," jelas Benny.

Senada, Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyebut kenaikan produktivitas justru akan berdampak positif kepada kesejahteraan pegawai. Ini mengingat produktivitas adalah bagian indikator omzet perusahaan.

"Itu menjadi harapan kami kepada teman-teman kita serikat pekerja. Bagaimana supaya memang dari tahun ke tahun bahwa kenaikan UMP itu harus seiring kenaikan produktivitas, karena tingkat kesejahteraan dari pekerja, kenaikan UMP, itu kan semuanya diambil daripada kenaikan omzet pengusaha itu," jelas Sarman.

Hal penting lain yang Sarman harapkan dari kenaikan UMP adalah agar serikat pekerja bisa menjaga iklim investasi dan mengurangi demo-demo. Pasalnya, demo bisa membuat kepercayaan investor berkurang sehingga terjadi efek domino ke perekonomian.

"Jangan terlalu banyak demo untuk menaikan kenaikan UMP sekian persen. Di satu sisi kondisi ekonomi sedang begini, dan kita sangat membutuhkan datangnya investor, kalau investor masuk devisa kita akan bertambah, kemudian bisa memicu pertumbuhan ekonomi, dan yang paling penting bisa menyediakan lapangan pekerjaan," ucap Sarman.

Tak Patuhi Kenaikan UMP, Kepala Daerah Terancam Dicopot

Ilustrasi Upah Buruh (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 sebesar 8,51 persen.

Pengupahan diatur dalam peraturan perundang-undangan, yakni Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan PP Nomor 78/2015. Penetapan UMP memakai formula perhitungan upah minimum merupakan program strategis nasional yang masuk dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IV.

Ada beberapa sanksi bagi kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang tidak melaksanakan ketentuan penetapan upah minimum yang juga program strategis nasional tersebut. 

Pertama, dalam Pasal 68 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bakal dikenai sanksi administratif berupa teguran tertulis oleh menteri untuk gubernur dan/atau wakil gubernur serta oleh gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk bupati dan/atau wali kota maupun perwakilannya.

Dalam hal teguran tertulis telah disampaikan dua kali berturut-turut dan tetap tidak dilaksanakan, kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan selama 3 bulan.

Selanjutnya apabila kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah telah selesai menjalani masa pemberhentian sementara, tapi tetap tidak melaksanakan program strategis nasional, yang bersangkutan akan diberhentikan sebagai kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah.

Adapun dalam UU Nomor 23/2014 juga diatur bahwa kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang tidak menaati seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan dapat diberhentikan sebagai kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah sesuai ketentuan Pasal 78 ayat (2), Pasal 80 dan Pasal 81.

UMP 2020 Naik 8,51 Persen

Buat yang suka belanja di online shop, hati-hati dengan modus penipuan baru yang meminta cashback. (Ilustrasi: Pexels.com)

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 sebesar 8,51 persen.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 tanggal 15 Oktober 2019 tentang Penyampaian Data Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019.

Dikutip dari Surat Edaran tersebut, kenaikan UMP ini berdasarkan pada data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi (pertumbuhan produk domestik bruto) yang akan digunakan untuk menghitung upah minimum tahun 2020 bersumber dari Badan Pusar Statistik Republik IndonesIa (BPS RI)," bunyi SE tersebut seperti yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Berdasarkan Surat Kepala BPS RI Nomor B-246/BPS/1000/10/2019 Tanggal 2 Oktober 2019. lnflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional sebagai berikut:

a. Inflasi Nasional sebesar 3,39 persen‎

b. Pertumbuhan Ekonomi Nasional (Pertumbuhan PDB) sebesar 5,12 persen‎

"Dengan demikian, kenalkan UMP dan/atau UMK Tahun 2020 berdasarkan data Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional yaitu 8,51 persen," demikian tertulis dalam SE tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2019: Sengit Berebut Posisi 3 Besar

Posted: 17 Oct 2019 02:45 AM PDT

Liputan6.com, Motegi - Ajang MotoGP 2019 baru memasuki seri balap ke-15. Namun, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez telah mengunci gelar juara dunia MotoGP musim ini.

Hasil itu tidak lepas dari kesuksesan Marc Marquez menjuarai MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, akhir pekan kemarin. Total, pembalap Repsol Honda itu telah mengoleksi 325 poin di klasemen MotoGP 2019.

Pembalap berusia 26 tahun tersebut sekarang malah berhasrat mengawinkan tiga gelar untuk Honda pada MotoGP musim ini yaitu juara dunia pembalap, juara konstruktor, dan juara tim.

Sementara itu, pesaing terdekat Marquez, Andrea Dovizioso baru mengumpulkan 215 poin. Praktis Marquez tidak akan terkejar karena MotoGP 2019 tinggal menyisakan empat seri lagi.

Persaingan sengit terjadi untuk memperebutkan posisi ketiga klasemen MotoGP 2019. Alex Rins, Maverick Vinales, dan Danilo Petrucci hanya punya selisih poin yang sedikit. Berikut klasemen MotoGP 2019.

Klasemen MotoGP 2019

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, sudah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2019.  (Gabriel Buoys/AFP)

1. Marc Marquez (Repsol Honda) - 325 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati Team) - 215 poin

3. Alex Rins (Suzuki Ecstar) - 167 poin

4. Maverick Vinales (Monster Yamaha) - 163 poin

5. Danilo Petrucci (Ducati Team) - 162 poin

6. Valentino Rossi (Monster Yamaha) - 145 poin

7. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) - 143 poin

8. Jack Miller (Pramac Ducati) - 119 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) - 102 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) - 90 poin

11. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) - 80 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) - 74 poin

13. Joan Mir (Suzuki Ecstar) - 58 poin

14. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) - 46 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) - 34 poin

16. Andrea Iannone (Factory Aprilia Gresini) - 33 poin

17. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) - 29 poin

18. Johann Zarco (Red Bull KTM Factory) - 27 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) - 23 poin

20. Tito Rabat (Reale Avintia Ducati) - 18 poin

21. Stefan Bradl (Repsol Honda) - 16 poin

22. Michele Pirro (Ducati Team) - 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki Ecstar) - 7 poin

24. Hafizh Syahrin (Red Bull KTM Tech3) - 7 poin

25. Karel Abraham (Reale Avintia Ducati) - 5 poin

Jadwal MotoGP Jepang 2019

Jadwal MotoGP Jepang

Jumat, 18 Oktober 2019

07.00 WIB FP1

11.15 WIB FP2

Sabtu, 19 Oktober 2019

07.00 WIB FP3

10.35 WIB Kualifikasi

Minggu, 20 Oktober 2019

10.00 WIB Balapan

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri Wisata Halal Indonesia Tertinggal dari Malaysia

Posted: 17 Oct 2019 02:44 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia wisata halal (halal tourism) Indonesia masih kalah oleh negara tetangga. Padahal Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi yang cukup besar.

Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC), Sapta Nirwandar mengungkapkan pada tahun 2018 kunjungan turis halal ke Indonesia hanya 3 juta orang. Kalah jauh dibanding Malaysia yang berhasil mendatangkan 6 juta turis muslim.

"Halal tourism itu bagian yang sangat besar potensinya bagi kita karena muslim traveller hampir 200 juta orang, sementara yang ke Indonesia hanya 3 juta," kata dia, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (17/10).

Sapta memaparkan data kunjungan wisatawan ke Indonesia selama 2018 adalah 15.806.161 orang, sementara turis muslimnya hanya 3.416.686 orang, atau hanya 22 persen dari total wisatawan.

Sementara di Malaysia, kunjungan turis muslimnya sebanyak 6.435.763 orang atau 25 persen dari total jumlah wisatawannya.

Sedangkan di Turki, jumlah kunjungan turis muslimnya adalah 6.158.944 orang.

Sapta mengungkapkan, Indonesia harus terus berupaya menggenjot industri wisata halal dengan cara memperkuat dan memperluas service dan produk.

"Misalnya ada resort dekat pantai, kolam renangnya dipisah. Di pantainya juga begitu. Dipisahkan gak masalah, kalau mereka minta service itu" ujarnya.

Dia mencontohkan, Malaysia telah menerapkan prinsip-prinsip seperti itu. Salah satunya di Bukit Bintang dimana toko-toko dan tempat makan disana dianjurkan untuk buka 24 jam full demi melayani wisatawan Timur Tengah yang kerap berkunjung kesana.

"Itu fasilitas di Bukit Bintang, Malaysia sediakan toko buka sampai malam, bahkan sampai subuh. Ini karena orang timur tengah tidurnya setelah subuh, lalu belanja dan makan dari malam sampai subuh," ujarnya.

Dia juga menjelaskan, yang dimaksud wisata halal bukanlah menghalakan destinasinya melainkan pelayanannya.

"Yang dihalalkan bukan destinasinya, tapi servicenya. Masa Ijen dihalalkan. Masa Pulau Komodo dihalalkan, Komodonya pakai hijab, ini jangan salah kaprah," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jadi Destinasi Wisata Halal, Kunjungan Wisman Ke Malang Bakal Naik 10 Persen

Monumen Chairil Anwar di Jalan Basuki Rahmat Kota Malang tak banyak diketahui warga. (Zainul Arifin/Liputan6.com)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) gencar mensosialisasikan pengembangan pariwisata halal di Indonesia. Salah satunya Malang sebagai destinasi wisata halal unggulan Indonesia.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Area I Jakarta-Banten Kemenpar, Wastutik mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan industri wisata halal menjadi yang terbesar di sektor pariwisata.

Berdasarkan catatan Kemenpar, pertumbuhan industri wisata halal dunia pada 2018 menjadi yang terbesar dari sektor pariwisata dengan kunjungan wisatawan muslim mencapai 140 juta.

Ditargetkan pada 2026, kunjungan wisatawan muslim akan mencapai 230 juta dengan transaksi pembelanjaan hingga USD 180 miliar.

"Pertumbuhan wisata halal Indonesia di 2018 mencapai 42 persen. Sedangkan terget kunjungan wisatawan halal dunia ke Indonesia di 2019 sejumlah 5 juta atau tumbuh 42 persen, jika dibandingkan tahun lalu sejumlah 3,5 juta," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Wastutik mengungkapkan, Malang Raya yang meliputi Malang Kota, Kabupaten Malang, dan Batu telah menyatakan kesiapannya dalam mengembangkan pariwisata halal.

Hal tersebut terlihat dari beberapa persyaratan yang telah dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, salah satunya terkait laboratorium sertifikasi halal.

"Malang sudah mempunyai laboratorium sertifikasi halal di lima perguruan tinggi, ini lah yang menjadi tolak ukur kami untuk menilai kesiapan dari Pemkot Malang dalam mengembangkan wisata halal," tutur dia.

Wastutik berharap desain dan strategi rencana aksi yang telah disusun oleh Kemenpar dan pemabngku kepentingan terkait dapat memahami arah dan kunci keberhasilan pariwisata halal khususnya di Malang Raya.

"Selain itu, juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan muslim dan mampu mendongkrak perekonomian wilayah Malang Raya," tutur Wastutik.

Kunjungan Wisman Ke Malang Ditargetkan Naik 10 Persen

Bukit Paralayang | via: paralayangdimalang.blogspot.com

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Malang Ida Ayu Made Wahyuni menyambut baik penetapan Malang sebagai 10 destinasi wisata halal unggulan di Indonesia oleh Kemenpar. Pihaknya akan menyusun strategi untuk bisa meningkatkan kinjungan wisatawan ke Malang.

"Ini merupakan peluang besar yang harus dikemas bersama-sama. Kami terus menyusun startegi, target kami adalah wisatawan muslim khusus nya dari Timur Tengah. Kita sudah mulai memetakan, dan terus bekerjasama dengan halal center di bawah lima perguruan tinggi di Malang," tuturnya.

Ida menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Malang, khususnya dari Timur Tengah bisa tumbuh dua digit di 2019 ini.

"Saat ini masih dibawah 10 persen. Namun secara umum, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Malang mencapai 11 ribu, dan untuk wisatawan nusantara (wisnus) 6 ribu. Mudah-mudahan kalau kita tergetkan 10 persen, ya tinggal nambahin saja. Tapi biasanya realisasinya 20 persen, tergantung situasi," tandas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Car Free Day Ditiadakan Saat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Posted: 17 Oct 2019 02:43 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin akan diselenggarakan akhir pekan ini, Minggu (20/10). Kendati pelantikan dijadwalkan pada siang hari, sekitar pukul 14.00, aktivitas hari bebas kendaraan atau car free day di Jakarta akan ditiadakan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, CFD sengaja ditiadakan pada Minggu pagi demi menghomarti upacara pelantikan Presiden dan Wapres terpilih.

"Alasannya tentu pertama kita menghormati proses pelantikan kepala negara dan Wakil Presiden," jelasnya dihubungi Kamis (17/10).

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga ingin memberikan kesempatan kepada warga yang ingin menghadiri acara penting tersebut.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan dilaksanakan di Gedung DPR/MPR RI. Sedianya pelantikan akan dilaksanakan pada sore hari namun dimajukan pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan persiapan pelantikan telah dilakukan sejak September lalu. Pihaknya telah menggelar sejumlah rapat koordinasi salah satunya terkait rute lalu lintas dan persiapan keamanan.

"Kita mendukung persiapan keamanan yang dikerjakan oleh TNI dan Polri. Kemudian semua fasilitas-fasilitas yang terkait dengan kegiatan pelantikan maupun acara pasca pelantikan itu kita bantu siapkan," jelasnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Anak Langit Episode Kamis, 17 Oktober 2019

Posted: 17 Oct 2019 02:40 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak Langit kembali hadir Kamis sore ini mulai pukul 16.45 WIB.

Saksikan akting Stefan William, pemeran utama  sinetron Anak Langit.

Setiap hari anda juga bisa menyaksikan episode Anak Langit vai live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Young Lex Nantikan Kelahiran Anak, Ini 6 Momen Syukuran 7 Bulanan Eriska Keysha

Posted: 17 Oct 2019 02:40 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rapper dengan nama panggung Young Lex baru saja menjadi perbincangan hangat di media sosial, hususnya di Instagram. Pasalnya pelantun lagu O Aja Ya Kan itu baru saja mengunggah potret USG janin dalam kandungan Eriska Keysha. Foto tersebut sontak mengejutkan publik, karena selama ini publik tak mendengar ada kabar pernikahan penyanyi bernama lengkap Samuel Alexander Pieter ini.

Selain membagikan foto USG, Young Lex pun juga membagikan momen syukuran dalam Instastorynya. Dalam momen tersebut terlihat Young Lex sedang mengelus-elus perut dari Eriska Keysha yang mengenakan busana muslim serta menggunakan hijab.

Momen syukuran 7 bulanan ini pun nampak meriah dengan dihiasi dekorasi yang indah, dan dihadiri oleh keluarga serta teman dekatnya. Memang Young Lex sering mengunggah kebersamaan keduanya. Siapa sangka, ternyata keduanya kini akan diberi momongan.

Anak Young Lex diketahui berjenis kelamin perempuan. Ia mengumumkannya dan memberikan tantangan kepada netizen untuk menebak nama anaknya tersebut. Apabila benar, Young Lex pun akan memberi hadiah ponsel dan uang 1 juta rupiah.

Berikut momen-momen syukuran 7 bulanan anak Young Lex yang Liputan6.com kutip dari Instagram @young_lex18 dan @eriskanakesya, Kamis (17/10/2019).

1. Potret janin berusia 7 bulan yang diunggah Young Lex ini viral dan banyak dari teman dan fansnya mengucapkan selamat.

Eriska Keysha dan Young Lex (Sumber: Instagram/young_lex18)

2. Momen Young Lex saat mengelus-elus perut Eriska yang mengandung anak perempuannya.

Eriska Keysha dan Young Lex (Sumber: Instagram/young_lex18)

3. Wajah bahagia pun terpancar, serta ia pun memohon doa karena anaknya diprediksi akan lahir pada Januari 2020.

Eriska Keysha dan Young Lex (Sumber: Instagram/young_lex18)

4. Momen kebersamaan Eriska dan Young Lex bersama temannya saat acara syukuran 7 bulanan.

Eriska Keysha dan Young Lex (Sumber: Instagram/young_lex18)

5. Banyak dari kerabat dan teman yang hadir dalam acara syukuran tersebut.

Eriska Keysha dan Young Lex (Sumber: Instagram/ninicaaan)

6. Momen ini pun terasa hangat karena juga dihadiri oleh keluarga.

Eriska Keysha dan Young Lex (Sumber: Instagram/young_lex18)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompleks Parlemen Mulai Bersolek Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Posted: 17 Oct 2019 02:38 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tengah melakukan persiapan untuk menggelar pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Pelantikan itu rencananya dilakukan pada Minggu 20 Oktober 2019.

Pantauan merdeka.com, sekitar Gedung DPR, MPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta sudah mulai dipercantik. Tembok pagar parlemen terlihat dicat ulang dengan warna putih.

Lobi Gedung Nusantara tempat dimana ruang pelantikan presiden berada pun mulai dipasangi bendera merah putih. Ruang rapat paripurna tempat pelantikan juga sedang dipersiapkan.

Mulai dari memasang karpet merah, lampu hingga sound system. Namun tidak tampak ada yang spesial dalam dekorasi di ruang rapat paripurna ini.

Diketahui, pelantikan presiden dan wakil presiden akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Acara tersebut dijadwalkan selesai pada pukul 17.00 WIB.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

30 Ribu Personel TNI/Polri Amankan Pelantikan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut, selain istana Presiden dan Wakil Presiden pengamanan ketat juga diberlakukan ke pusat perkekonomian.

Selain itu, TNI/Polri juga akan menjaga ketat bandara, PLN, dan tempat logistik Pertamina.

"Ada beberapa titik kritis yang harus kita perkuat termasuk Istana Presiden, wilayah-wilayah lain yang menjadi konsen adalah tempat-tempat ekonomi contohnya Glodok, Jembatan tiga, termasuk yang harus kita pertebal adalah Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma, dan objek vital lainnya," kata Hadi di Monas, Kamis (17/10/2019).

Hadi mengatakan, pihaknya menyiapkan 30 ribu personil gabungan dari TNI-Polri saat pelantikan presiden dan wakil presiden. Dalam pelaksanaanya, seluruh personil akan disebar di beberapa titik.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkunjung ke Pabrik AICE, Dirjen Kemenperin Puji Rasa Es Krim AICE

Posted: 17 Oct 2019 02:35 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Abdul Rochim berkunjung ke pabrik es krim terbesar di Indonesia milik PT Aice Ice Cream Jatim Industry yang terletak di Ngoro Industrial Park, Mojokerto. 

"Mendengar komitmen dari Aice Indonesia, total investasi dari pendirian pabrik es krim terbesar di Indonesia ini adalah sekitar US$50 juta, serta mampu menyerap sekitar 1,800 tenaga kerja," ucap Abdul Rochim. 

Dalam kunjungannya tersebut, ia mengatakan AICE bertujuan untuk memperkuat pasokan es krim hingga Indonesia Timur, bahkan ekspor ke Filipina dan Vietnam. Bila mampu menyuplai hingga ke penjuru nusantara, akan lebih banyak masyarakat yang berperan sebagai reseller akan menerima manfaatnya dalam peningkatan kesejahteraan. 

"Pilihan rasa es krim Aice itu hanya ada dua. Enak dan enak sekali. Produk ini jelas jadi favorit masyarakat," tambah Abdul Rochim. 

Pabrik ini merupakan pabrik kedua Aice di Indonesia. Dengan luas sekitar 4,4125 m2 menjadikannya pabrik es krim terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.  Mojokerto menjadi pilihan tempat yang tepat sesuai tujuannya untuk memperluas jangkauan produk es krim Aice hingga ke penjuru nusantara, berkontribusi pada ekonomi nasional, serta menjadi tempat wisata edukatif bagi anak Indonesia.

Komitmen Aice

Komitmen Aice membawa dalam misi menyebarkan kebahagiaan bagi anak-anak Indonesia melalui nikmatnya es krim berkualitas dengan harga yang terjangkau jelas terasa melalui kehadiran pabrik ini. 

"Kami ingin berupaya agar semakin banyak anak Indonesia dapat terus ceria menghadapi hari, baik dalam bermain dan belajar. Termasuk dalam rencana pembangunan pabrik ini adalah pabrik Aice dapat menjadi destinasi wisata yang bersifat edukatif bagi anak Indonesia," ucap CEO Aice Group Holdings Pte Ltd., Damon Du. 

Dirjen Kemenpaerin Abdul Rochim saat mencicipi es krim AICE

Ia turut menjelaskan bahwa sebagai salah satu makanan favorit, anak Indonesia perlu tahu cara pembuatan es krim, serta kandungan gizi yang ada di dalamnya. 

"Banyak yang meragukan bahan-bahan, kandungan gizi serta cara pengolahan produk kami. Nah, oleh karena itu kami mengundang siapa pun untuk dapat menyaksikan langsung kinerja kami dalam menyebarkan lebih banyak senyuman melalui produk es krim yang diolah dengan teknologi maju," tambah Damon. 

Berbagai sajian yang berada di dalam pabrik tersebut tentunya dapat dikunjungi oleh khalayak umum. Mulai dari cara pengolahan es krim dengan teknologi otomasi, sejarah singkat es krim dari masa ke masa, hingga sebuah ruangan DIY yang saat ini masih dalam pembangunan. Area ini dikhususkan bagi para pengunjung yang ingin bereksperimen sendiri menciptakan es krim sesuai dengan seleranya.

Dampak ekonomi

Ketika ditanya mengenai dampak ekonomi tidak langsung dari kehadiran pabrik es krim terbesar di Indonesia, Damon menjelaskan bahwa sebelum beroperasinya pabrik di Mojokerto, Aice mampu meningkatkan kesejahteraan lebih dari 180,000 reseller melalui kehadiran pabrik pertama di Cikarang, Jawa Barat. 

"Pabrik di Mojokerto dan terbesar ini diproyeksikan akan menambah jumlah reseller, terutama warung-warung baru, khususnya di Indonesia bagian Timur yang saat ini masih sulit dijangkau. Secara langsung, kontribusi melalui pajak dari setiap tahun operasional perusahaan juga terus berjalan," tutur Damon. 

Ia berharap agar masyarakat Mojokerto yang berada di sekitar pabrik dapat turut menikmati dampak ekonomi positif secara tidak langsung dengan adanya fasilitas wisata tersebut. 

"Semoga industri UMKM yang berada di sekitar pabrik kami turut mendapatkan manfaat dengan kedatangan tamu-tamu yang akan bermain dan belajar di pabrik kami," jelas Damon. 

Ini bukan kali pertama Aice Indonesia berupaya untuk fokus terjun sebagai aktor pengembangan karakter generasi muda Indonesia. 

"Kami turut terjun ke Lombok untuk memberikan bantuan bagi korban gempa. Khususnya di tahun 2019 ini, kami mengadakan kegiatan tindak lanjut dari program bantuan untuk anak-anak sekolah melalui program Senyum Lombok, Senyum Indonesia. Dengan menjadi sponsor Asian Games 2018, kami terus berperan aktif dalam menyebarkan semangat Asian Games melalui kegiatan-kegiatan kami lainnya," jelas Damon. 

Ia berharap agar kehadiran pabrik ini dapat membawa manfaat lebih, tidak hanya dalam bentuk kontribusi terhadap ekonomi nasional, namun terutama menjadi pendorong semangat kewirausahaan bagi masyarakat Indonesia. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Bapennas: Rusuh Penajam Paser Sama dengan Tawuran di Jakarta

Posted: 17 Oct 2019 02:31 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro angkat bicara terkait kerusuhan yang terjadi di Penajam Paser, Kalimantan Timur. Menurutnya, kerusuhan tersebut merupakan tindak kriminal biasa seperti tawuran yang kerap terjadi di Jakarta.

"Sudah disampaikan Pak Gubernur, itu tindak kriminal. Ya itu kriminal biasa, kan di Jakarta sering tawuran, intinya bisa dikendalikan," ujar Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (17/10).

Bambang melanjutkan, kondisi keributan tersebut merupakan luapan emosi sesaat. Hal itu diyakini tidak akan mengganggu rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur.

"Itu mungkin luapan emosi tapi saya yakin kita juga akan memperhatikan budaya dan kebiasaan masyarakat lokal sehingga proses pemindahan ibu kota tidak akan terjadi hambatan," jelasnya.

Sebelumnya, aksi demo yang dilakukan warga kawasan pelabuhan penyeberangan di Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, bermula dari kekesalan seorang pemuda terhadap Rn (18), Ca (19). Pemuda itu kemudian menantang korban bertemu di pantai Nipahnipah.

Setelah bertemu, kedua korban dikeroyok habis-habisan oleh tiga orang. Tak hanya itu mereka juga menikam korban. Hingga akhirnya menewaskan satu orang berinisial Ca.

Usai melakukan penikaman, tiga pelaku kabur ke Balikpapan. Polisi langsung bergerak cepat. Tak berselang lama Tiga terduga pelaku pengeroyokan dan penikaman akhirnya berhasil ditangkap di Balikpapan.

Saat ini mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di kantor polisi. Peristiwa penikaman ini yang pada akhirnya memicu amarah warga.

Peristiwa penikaman membuat sejumlah warga geram. Mereka kemudian turun ke jalan sambil menenteng senjata tajam. Mereka mengusir keluarga pelaku yang bermukim di sekitar pelabuhan Penajam Paser Utara agar segera meninggalkan daerah itu.

Padahal, Selasa (15/10) malam kemarin, sudah dilakukan mediasi. "Benar. Ada banyak warga bawa senjata tajam, dari siang tadi," kata Suryansyah (43), warga Penajam, dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (16/10) malam.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Kerusuhan Penajam Paser Utara Dipicu Pengeroyokan Lantaran Hal Sepele

Situasi sekitar kawasan pelabuhan penyeberangan di Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, mencekam siang tadi. (Merdeka.com)

Aksi amuk massa terjadi di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim). Massa bertindak anarkistis membakar pemukiman warga di tiga RT Gang Buaya Kelurahan Penajam dan pelabuhan penyeberangan feri setempat.

Iksan, seorang warga Penajam mengatakan, pemukiman massa yang dibakar dihuni sekitar 1.000 jiwa.

Seharian itu, puluhan massa bersenjata tajam mandau terlihat sudah memadati sekitar area pelabuhan. Jumlah kerumunan massa terlihat kian membesar di siang harinya. 

Massa yang mengamuk menuntut keadilan atas meninggalnya seorang pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelita Gamma PPU bernama Chandra. Sementara temannya yang bernama Rian masih kritis di RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam, pada Jumat (11/10/2019) lalu. Kedua pelajar itu diduga menjadi korban pengeroyokan.

Padahal, pelaku penikaman masih rekan korban. Ketiganya baru selesai bermain futsal di lapangan Kilometer 3,5 Kecamatan Penajam.

Saat pulang itu sebenarnya menjadi cikal bakal kerusuhan di PPU. Pelaku terprovokasi suara berisik sepeda motor yang dikendarai korban. Lantaran itu, ia tersulut emosi lalu menantang duel korban di Pantai Nipah Nipah PPU pada malam harinya.

Dalam pertemuan kedua ini, pelaku pun langsung menikam kedua korban hingga tewas dan terluka parah. Sesaat menerima laporan, tim Polres PPU sebenarnya sudah bergerak sigap membekuk pelaku berikut kaki tangan.

Namun sepekan setelah kejadian penikaman, entah apa penyebabnya, massa kembali tersulut emosi. Ratusan massa datang dengan tuntutan menghakimi tersangka bahkan mengusir keluarganya dari Penajam Paser.

Guna meredam amuk massa, pimpinan TNI/Polri Kaltim mendatangi kerumunan massa yang panas. Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim Inspektur Jenderal Priyo Widyanto turun langsung menenangkan amarah massa.

Kepada massa demo, Priyo menyatakan, pihak sudah mengamankan para tersangka penikaman. Mereka terancam pasal pengeroyokan berujung jatuhnya korban dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara.

Priyo datang didampingi Panglima Komando Daerah Militer VI Mulawarman Mayor Jenderal Subiyanto. Ratusan personil kepolisian pun diterjunkan guna mengantipasi membesarnya kerusuhan. 

Dalam peristiwa ini, aparat keamanan sepertinya sudah mengendus gelagat potensi masalah. Sehari sebelum pembakaran terjadi, dua jenderal ini sebenarnya juga sudah menemui para tokoh masyarakat PPU.

Masyarakat diminta tidak gampang percaya sebaran berita hoaks memecah persatuan negara.

Namun sehari setelahnya, kekhawatiran aparat akhirnya terbukti. Mereka kesulitan mendinginkan suasana hingga proses negosiasi pun berjalan alot hingga malam hari.

Sebaliknya, kerumunan massa kian membesar terpusat di pelabuhan penyeberangan menghubungkan PPU dan Balikpapan.

Puncaknya di tengah proses perundingan, sejumlah kelompok massa bertindak anarkistis membakar pemukiman nelayan dan pelabuhan penyeberangan. Si jago merah setidaknya menghanguskan ratusan rumah warga berikut fasilitas pelabuhan PPU.

Sudah Kondusif

Muncul rumor di tengah masyarakat Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara bahwa harga tanah mereka naik hingga Rp 2 miliar perhektar. (Liputan6/Nanda Perdana)

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud memastikan kondisi keamanan dan ketertiban di wilayahnya telah aman terkendali. Dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meninjau lokasi ibu kota negara di Sepaku PPU dan Samboja Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Ade Yaya Suryana. Dirinya mengatakan, kondisi berangsur-angsur kondusif.

Ade mengatakan, massa salah memahami peristiwa pengeroyokan yang berujung jatuhnya korban jiwa. Padahal polisi sudah bertindak tegas menangkap tiga orang yang diduga pelaku pengeroyokan.

Ade meminta masyarakat tenang serta menyerahkan sepenuhnya penanganan kasusnya ke kepolisian. Menurutnya, polisi menjerat pelaku sesuai ketentuan pasal undang undang berlaku.

Sedangkan soal pembakaran rumah warga, dirinya menyebut polisi sedang mempelajari kemungkinan pengenaan pasal melawan hukum kepada massa. Aktivitas pembakaran ini bisa dikategorikan pidana perusakan dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara.

Apalagi imbas peristiwa ini menyebabkan lumpuhnya aktivitas layanan publik penyeberangan pelabuhan PPU. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pekerja Tunanetra India Sibuk Bikin Lilin Jelang Festival Cahaya

Posted: 17 Oct 2019 02:30 AM PDT

Para pekerja tunanetra membuat lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Para pekerja tunanetra membuat lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Para pekerja tunanetra membuat lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Para pekerja tunanetra membuat lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Pekerja tunanetra membuat lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Pekerja tunanetra membuat lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Pekerja tunanetra membuat lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Pekerja tunanetra membuat lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Pekerja tunanetra membawa lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

Pekerja tunanetra membawa lilin di bengkel Blind School Relief Association, New Delhi, India, Rabu (16/10/2019). Perkumpulan tersebut menjual lilin, lampu minyak, dan produk kertas yang dibuat oleh para pekerja tunanetra jelang Festival Diwali atau Festival Cahaya. (Sajjad HUSSAIN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-Ciri Orang Jatuh Cinta Tapi Malu Mengungkapkan, Kenali Tandanya

Posted: 17 Oct 2019 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri orang jatuh cinta tapi malu mengungkapkan bisa dikenali dari beberapa tanda. Perasaan jatuh cinta berbeda untuk semua orang. Tiap orang memiliki cara untuk mengekspresikan perasaannya.

Kamu mungkin sedang dekat dengan seseorang dan bertanya-tanya apakah ia memiliki perasaan khusus padamu. Atau kamu mungkin sedang memendam perasaan spesial pada seseorang dan juga bertanya-tanya apakah ia memiliki perasaan yang sama denganmu. Ciri-ciri orang jatuh cinta tapi malu mengungkapkan mungkin penting untuk kamu ketahui.

Pada situasi ini kamu perlu mempelajari ciri-ciri orang jatuh cinta tapi malu mengungkapkan. Ciri-ciri orang jatuh cinta tapi malu mengungkapkan bisa dilihat dari beberapa tanda. Si dia mungkin menunggu cinta itu berubah menjadi cinta sejati sebelum dia mengakuinya kepada siapa pun. Jika ini masalahnya, dia akan mengirim semua jenis sinyal untuk membuatmu sadar bahwa dia menyukaimu. Ciri-ciri orang jatuh cinta tapi malu mengungkapkan bisa dilihat dari sinyal ini.

Ciri-ciri orang jatuh cinta tapi malu mengungkapkan mungkin berbeda satu sama lain. Namun, ada tanda umum seperti bahasa tubuh dan gelagatnya saat berada didekatmu. Berikut ciri-ciri orang jatuh cinta tapi malu mengungkapkan dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(17/10/2019).

Bahasa tubuh

Ilustrasi Ilustrasi Pacaran (iStockPhoto)

Salah satu tanda pertama seseorang jatuh cinta adalah klasik: bahasa tubuh. Bahkan jika ia merupakam tipe pendiam, kamu dapat mengetahui bagaimana perasaan seseorang tentangmu dengan memerhatikan isyarat bahasa tubuhnya.

Seseorang yang tertarik padamu akan condong ke arahmu saat kamu berbicara, memerhatikan tindakanmu, atau meregangkan tubuhnya. Dia mungkin tersenyum ke arahmu secara sembunyi-sembunyi, mencoba untuk memulai obrolan, atau mencoba memegang tanganmu. Tindakan halus ini dapat memberi tahumu apa yang belum dikatakan mulutnya.

Sebaliknya, jika seorang pria melipat tangannya di dadanya, tubuhnya berpaling darimu, kemungkinan itu adalah tanda yang jelas bahwa ia tidak jatuh cinta kepadamu dengan cara apa pun. Kemungkinan besar dia menganggapmu sebagai teman.

Banyak menatapmu

Ilustrasi pacar (Foto: Unsplash.com/alive donovan rouse)

Jika dia sering menatapmu, itu bisa menjadi tanda bahwa ia sedang jatuh cinta padamu. Seseorang yang memertahankan kontak mata, itu berarti ia berkonsentrasi pada sesuatu. Karena itu, jika dia menatapmu dengan penuh cinta, dia mungkin sedang jatuh cinta. Di Wellesley College dan Universitas Kansas, para peneliti menemukan bahwa baik wanita maupun pria yang secara romantis tertarik pada seseorang akan menatap dada dan kepala.

Kamu mungkin menemukannya sedang menatapmu tetapi dia tidak memalingkan muka. Sebagai gantinya, dia tersenyum dan menatapmu lebih lama. Dia mencoba memberi tahumu dengan matanya bahwa ia jatuh cinta padamu dengan keras tetapi belum bisa mengatakannya dengan lantang.

Menyentuhmu lebih sering

Ilustrasi pasangan (Sumber: iStockphoto)

Saran kencan yang umum sering kali mencakup pentingnya memulai sentuhan fisik untuk menunjukkan ketertarikan. Karena itu, jika kamu berkencan dengan seseorang dan dia mengambil setiap kesempatan untuk meletakkan tangannya di tanganmu, ia kemungkinan besar jatuh cinta padamu.

Bahkan sentuhan kecil di bahu atau lengan adalah tanda yang bagus untuk diperhatikan. Misalnya saat ia membukakan pintu untuk kamu lewati terlebih dahulu dan dengan ringan menyerempet telapak tangannya di punggungmu, itu bisa menjadi tanda ia tertarik padamu. Mereka mungkin tidak akan berusaha menyentuhmu jika mereka tidak menyukaimu.

Sentuhannya bukanlah sentuhan biasa. Sentuhannya istimewa karena sentuhan yang penuh perasaan kuat untukmu. Dia tidak hanya menyentuhmu. Dia mencintaimu dengan setiap sentuhan.

Dia suka menghabiskan waktu denganmu

Ilustrasi Foto Pasangan Romantis (iStockphoto)

Dia tidak pernah bisa jauh darimu. Dia ingin menghabiskan seluruh waktu luangnya denganmu, namun pada saat yang sama ia tidak ingin kamu bosan dengannya. Jadi ketika kamu membutuhkan ruang, dia dengan senang hati akan memberikannya kepadamu. Ia juga berusaha memahami hal-hal yang kamu minati.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang sebelumnya tidak jatuh cinta memiliki sifat dan minat yang berbeda. Misalnya, jika dia tidak suka olahraga tetapi masih mau menemanimu ke gym denganmu, itu akan memiliki efek positif pada kepribadiannya, dan menjadi indikasi bahwa dia memiliki perasaan yang sangat kuat terhadapmu.

Selalu membicarakan tentangmu

Ilustrasi pasangan (Sumber: iStockphoto)

Dia tidak akan bisa berhenti berbicara tentang kamu. Dalam setiap percakapan yang ia lakukan dengan teman-temannya, ia akan menyebutmu. Ia akan membicarakan apapun tentangmu dihadapan teman-temannya. Bahkan jika dia jatuh cinta denganmu, ia dapat menarik diri jika salah satu temannya tidak terlalu tertarik padamu.

Dia tidak akan memiliki masalah dengan memberi tahu dunia betapa luar biasanya dirimu. Seorang pria yang sedang jatuh cinta kemungkinan akan memikirkan Anda sepanjang waktu, dan segera, pikiran-pikiran itu akan berubah dengan mengatakannya pada semua orang. Dia akan membual kepada teman-temannya tentang seberapa pintar dirimu dan tentang pengetahuanmu.

Dia menjadikanmu prioritas

ilustrasi pasangan/Photo by Ajay Donga from Pexels

Ketika seseorang mulai jatuh cinta, dia akan membuatmu menjadi prioritas dalam hidupnya. Apakah dia sedang bekerja, keluar menghabiskan waktu dengan teman-temannya, atau hanya di tempat lain tanpamu, dia akan menyempatkan waktu untuk menghubungimu.

Dia ingin menjadi bagian dari duniamu dan tidak hanya di saat-saat indah, tetapi juga melalui saat-saat buruk. Jika dia hanya berpura-pura mencintaimu, cinta tiruannya akan terungkap melalui perilakunya. Misalnya, ketika kamu tidak merasa baik-baik saja, dia akan menjauh alih-alih menanyakan apakah semuanya baik-baik saja.

Tap, pria yang jatuh cinta padamu akan selalu ada bahkan ketika kamu hancur berantakan. Dia bersedia untuk berkorban dan mengambil risiko dirinya tidak bahagia hanya untuk berada di sisimu saat kamu membutuhkannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berenang di Air Terjun Matayangu, Tato Wulan Guritno Bikin Salah Fokus

Posted: 17 Oct 2019 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wulan Guritno berbagi cerita saat melakukan traveling ke Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Wulan dikenal memang sebagai artis yang suka bepergian ke daerah di Indonesia.

Yang menjadi pusat perhatian adalah ketika Wulan Guritno mengunjungi sebuah air terjun di Pulau Sumba. Wulan tak sendiri, dia bersama sahabatnya menjelajah sejumlah lokasi wisata alam di Pulau Sumba.

Selain mengenakan pakaian renang, yang menjadi pusat perhatian adalah tato yang dimiliki oleh Wulan Guritno. Seperti apa ceritanya?

 

Air Terjun Matayangu

wulanguritno ig

Selama berada di Pulau Sumba, Wulan bersama sahabatnya tak menyia-nyiakan untuk menjelajah ke tempat-tempat yang indah disana. Salah satu yang disambangi yakni Air Terjun Matayangu.

Dalam foto yang diunggah tampak Wulan Guritno dan rekan-rekanny tak menyia-nyiakan untuk menikmati keindahan alam di lokasi tersebut. Mereka pun juga berenang di Air Terjun Matayangu.

 

Penuh Perjuangan untuk Bisa Sampai ke Lokasi

Wulan Guritno

Menurut Wulan Guritno, dirinya dan rekan-rekannya membutuhkan waktu sampai 1,5 jam untuk sampai di lokasi dengan berjalan kaki. Medan menuju lokasi kata dia terbilang cukup sulit. Namun semua terbayar saat tiba di tujuan.

"Setelah trekking hiking +- 1.5 jam di medan yg bisa di bilang lumayan paling berat di sumba barat sampailah kita di spot ini ..langsung nyemplung, berenang .. magis banget air juga suasana nya ..spot ini tidak masuk peta dinas pariwisata dan tour2 karena medannya ,kita 9 cewek sok tau tanpa tau medan dan cerita mitos di balik waterfall ini memaksa ,"kita anak alam" "kita olahragawan" "kita atlet f45" bisa lah .. .kalau di suruh mengulang sekarang mungkin mikir lagi ,anak 3 shaayy .. but hey gak nyangka dengan keterbatasan kita ada yang tidak olahraga ,pake sendal, kejerembab di sungai, kepleset ,merosot ,dzikir sepanjang perjalanan , bahaya memang ,but we did it dan banyak belajar dari journey ini , arti saling bahu membahu ,one for all,all for one .. terima kasih Allah dan alam atas perlindungannya dan memberi kita ijin untuk succeed," tulis Wulan Guritno.

 

Abadikan Momen di Air Terjun Matayangu

Wulan Guritno saat mengujungi air terjun Matayangu, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (Instagram)

Wulan Guritno pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berenang di Air Terjun Matayangu. Dia pun tampak mengabadika momen di lokasi tersebut.

Tampak Wulan Guritno difoto dari belakang dengan latar Air Terjun Matayangu. Tampak pemandangan alam yang indah.

 

Tato Wulan Guritno Bikin Salfok

Wulan Guritno saat mengujungi air terjun Matayangu, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (Instagram)

Unggahan foto Wulan Guritno langsung dibanjiri beragam komentar dari warganet. Namun warganet dibuat salfok dengan tato di punggung Wulan. Pakaian yang sedikit terbuka di bagian belakang, membuat tato tersebut terlihat jelas.

"Tatonya weleh2," tulis @batigol_b.

"Real tattoo?" tulis @didietfachri.

"Baru tau kalo puny tato," tulis akhmad_badawi.

"Uwiiihhh tattonya Woooww," tulis @cahyonohanafi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kabar Gembira, Teknologi Ini Bisa Cegah Demensia

Posted: 17 Oct 2019 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang dewasa sedih melihat orangtua mereka mengalami penurunan fungsi kognitif dan gejala demensia. Kini para ahli di Universitas Southern California mencoba memanfaatkan teknologi realitas maya, atau VR, untuk membantu mencegah atau menunda timbulnya penurunan kognitif. Berikut laporan Helmi Johannes dari VOA di Washington, DC.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Ketegangan Negara, 2 WN Amerika Ditahan di China

Posted: 17 Oct 2019 02:27 AM PDT

Liputan6.com, Beijing - Dua orang Amerika yang menjalankan bisnis pengajaran bahasa Inggris di China ditahan di bagian timur negara itu. Menurut perusahaan mereka, penahanan itu menggunakan tuduhan palsu.

"Jacob Harlan yang merupakan seorang ayah dari lima anak, dan Alyssa Petersen ditangkap di Provinsi Jiangsu bulan lalu," kata perusahaan China Horizons, China Horizons, di halaman Facebook-nya seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (17/10/2019).

Halaman gofundme.com yang didirikan untuk mengumpulkan uang untuk biaya hukum Petersen menguraikan bahwa dia secara resmi didakwa dengan "memindahkan orang secara ilegal melintasi perbatasan".

Penahanan itu terjadi di tengah ketegangan diplomatik dan perdagangan antara China dan Amerika Serikat.

"Kami mengetahui penahanan dua warga AS di Jiangsu, China dan tuduhan yang diajukan terhadap mereka oleh pemerintah provinsi," kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS yang identitasnya disamarkan.

"Kami menganggap serius tanggung jawab kami untuk membantu warga AS di luar negeri dan memantau situasinya."

China Horizons mengatakan di Facebook pekan lalu bahwa pasangan itu "didakwa atas kejahatan palsu dan keluarga mereka mengupayakan pengacara internasional untuk membantu mereka kembali ke Amerika Serikat.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Kronologi Penangkapan

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Harlan, pendiri China Horizons, ditahan di sebuah hotel di bawah pengawasan polisi di Kota Zhenjiang, menurut halaman terpisah gofundme.com yang diatur untuk biaya hukumnya.

Polisi menahannya saat dia bersama putrinya yang berusia delapan tahun di sebuah hotel di Weifang, Provinsi Shandong, pada 28 September dan mengambil telepon dan komputernya, menurut pos tersebut.

Putrinya akhirnya diizinkan untuk secara singkat memanggil ibunya, dia kemudian mengambil penerbangan internasional dengan seorang teman keluarga.

Petersen, yang merupakan associate director China Horizons, ditahan sekitar 27 September dan tidak terdengar sejak dua minggu setelahnya sampai Departemen Luar Negeri menemukannya, menurut halaman gofundme.com-nya.

"Kami menerima informasi bahwa dia baik-baik saja, Dia bangun ketika diberitahu, dia pergi tidur ketika diberitahu. Dia menghabiskan hari-harinya di sel penjara atau berjalan dalam langkah menghitung lingkaran," kata halaman gofundme.com.

"Dia tidak bisa melakukan kontak dengan siapa pun di luar petugas konsulat yang dapat mengunjungi sebulan sekali dan seorang pengacara."

Pejabat Departemen Luar Negeri menegaskan bahwa Petersen menerima "semua layanan konsuler yang sesuai."

Layanan Akan Ditutup

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

China Horizons, yang mengatur orang Amerika untuk mengajar bahasa Inggris di sekolah-sekolah China, mengatakan akan ditutup pada akhir Oktober.

"Sayangnya, karena meningkatnya masalah politik dan ekonomi antara AS dan China, kami tidak lagi dapat mengirim guru ke China dengan aman," tulis perusahaan itu di halaman Facebook mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Peran Dokter yang Diduga Culik dan Aniaya Ninoy Karundeng

Posted: 17 Oct 2019 02:24 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto, membenarkan pihaknya telah menetapkan status tersangka kepada seorang tim medis, Insani Zulfa Hayati alias IZH, terkait kasus yang menimpa relawan Jokowi, Ninoy Karundeng.

"Sebagai seorang tenaga medis dia tidak ada upaya membantu Ninoy yang sudah babak belur dianiaya banyak orang. Padahal korban dalam keadaan butuh dukungan medis," kata Suyudi saat dikonfirmasi, Kamis (17/10).

Dalam kondisi itu, kata Suyudi, Insani bukannya membantu melainkan melakukan inetrogasi kepada Ninoy.

Lebih lanjut mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat ini menjelaskan, kalau Insani tidak bekerja di rumah sakit melainkan hanya bekerja sebagai dokter freelance.

"Betul bahwa Insani adalah seorang Dokter, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi, namun Insani hingga saat ini tidak bekerja di Rumah Sakit manapun, hanya bekerja sebagai freelance dokter di rumahnya," Suyudi memungkasi.

Menurut Suyudi, Insani tidak sendiri, dia menginterograsi Ninoy bersama suaminya yang hingga kini masih diburu polisi.

"Perannya ikut menginterogasi dengan suaminya yang sama-sama tenaga medis," katanya.

"Suaminya masih DPO. (Mereka) Membiarkan (Ninoy terluka) malah ikut-ikut mengintrogasi dengan suaminya yang sama-sama tenaga medis," kata Suyudi.

Reporter: Ronald Chaniago

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah BI Kembangkan Ekonomi Halal di Indonesia

Posted: 17 Oct 2019 02:22 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Suhaedi mengungkapkan, ekonomi syariah ditargetkan mencapai minimal 50 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dalam beberapa tahun mendatang. Hal itu merupakan salah satu visi dari bank sentral.

Suhaedi mengaku yakin angka tersebut dapat dicapai, bahkan lebih. Artinya, kegiatan ekonomi syariah di Indonesia akan terus tumbuh dan meningkat.

"BI punya visi dalam beberapa tahun ke depan kegiatan ekonomi yang halal ini minimal bisa mencapai 50 persen, walaupun kita yakin sesungguhnya bisa jauh lebih besar," kata dia, di Gedung BI, Kamis (17/10/2019).

Selain kegiatan ekonomi, keuangan dan pembiayaan berbasis syariah pun disebutnya akan ikut tumbuh. Oleh karena itu, kolaborasi dan sinergi dari semua pihak yang terkait sangat penting dalam hal ini guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

Namun dia mengakui saat ini belum ada tolak ukur pasti terkait porsi dan besaran kegiatan ekonomi syariah di Indonesia. Tapi diyakini angkanya sudah cukup tinggi.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya tengah bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mencari formula perhitungan PDB (Produk Domestik Bruto) yang syariah dan juga terhadap PDB keseluruhan.

"Kami punya feeling bahwa kita tuh sudah pada level yang tinggi. Nah oleh karena itu apabila kita sudah selesai (mencari formula perhitungan) dalam 2 atau 3 tahun ini untuk kompilasi statistiknya, kita harapkan dalam 5 tahun ke depan minimal 50 persen kegiatan ekonomi nasional termasuk yang halal, begitu juga dengan pembiayaannya," ujarnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Cetak Biru

Ilustrasi Bank Indonesia

BI telah menyusun cetak biru (blueprint) pengembangan ekonomi syariah yang menjadi acuan kebijakan, strategi, dan program pengembangan ekonomi syariah yang terintegrasi sebagai bentuk dukungan nyata terhadap ekonomi syariah nasional.

Dalam kerangka strategis program pengembangannya, terdapat 3 strategi. Pertama, Pemberdayaan Ekonomi Syariah melalui pengembangan halal value chain ditujukan untuk mendukung penciptaan high quality-local product yang diharapkan dapat mendorong perbaikan struktur neraca perdagangan Indonesia baik melalui peningkatan ekspor ataupun substitusi impor, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

"Kedua, Pendalaman Pasar Keuangan Syariah melalui peningkatan manajemen likuiditas di keuangan syariah yang ditujukan untuk mendorong penyaluran pembiayaan syariah bagi sektor riil," ujarnya.

Pembiayaan syariah ini bersumber baik dari sektor keuangan komersial maupun sosial syariah, dan integrasi keduanya untuk mendukung aktivitas usaha ekonomi syariah yang inklusif.

 

Penguatan Riset

Bank Inodnesia (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketiga, Penguatan Riset dan Edukasi yang ditujukan untuk meningkatkan literasi masyarakat melalui edukasi dan sosialisasi ekonomi syariah

"Ke depan, BI akan senantiasa mendukung pengembangan eksyar di Indonesia sehingga dapat menjadi daya dorong yang optimal untuk mendukung perwujudan ekonomi nasional yang lebih adil dan merata, sejalan dengan harapan menjadikan Indonesia sebagai global key player dalam berbagai sektor industri halal," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negara Ini Bangun Taman Hiburan Bubble Tea, 6 Potretnya Instagramable

Posted: 17 Oct 2019 02:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjelang liburan akhir tahun, Singapura membuat gebrakan baru terkait tempat wisata. Terbaru, Singapura akan segera memiliki taman hiburan khusus untuk penggemar bubble tea bernama The Bubble Tea Factory. Di kawasan Asia, taman hiburan bubble tea sudah ada di Jepang yang resmi dibuka pada Juli 2019.

Rencananya, pada 19 Oktober 2019, The Bubble Tea Factory akan resmi dibuka. Demi bisa menggaet wisatawan, The Bubble Tea Factory akan menerapkan promo tiket gratis pada 19 Oktober 2019 hingga 18 Desember 2019 untuk 1000 orang pertama. Diketahui, untuk harga tiket masuk The Bubble Tea Factory pada hari kerja Rp 248 ribu, dan pada akhir pekan Rp 290 ribu.

Selain tiket masuk, wisatawan juga akan mendapatkan 2 minuman bubble tea dari merk Jenjudan dan Bober Tea secara gratis. Selain bisa menikmati berbagai macam Bubble Tea, taman hiburan ini juga memiliki beberapa spot yang instagramable. Mulai dari kolam yang dipenuhi dengan banyak bola hingga ada taman kaca yang unik banget.

Penasaran kan bagaimana potret Taman Hiburan Bubble Tea di Singapura? Berikut Liputan6.com rangkum dari Worldofbuzz dan Instagram @visit_singapore, potret The Bubble Tea Factory yang instagramable, Kamis (17/10/2019).

1. Ini dia pintu masuk dari The Bubble Tea Factory di Singapura. Taman hiburan ini akan segera dibuka pada 19 Oktober 2019.

Negara Ini Segera Miliki Taman Hiburan Bubble Tea, 6 Potretnya Instagramable (sumber: Worldofbuzz)

2. Untuk dapat menikmati berbagai spot unik, kamu hanya perlu merogoh Rp 248 ribu untuk hari kerja dan Rp 290 ribu untuk akhir pekan.

Negara Ini Segera Miliki Taman Hiburan Bubble Tea, 6 Potretnya Instagramable (sumber: Worldofbuzz)

3. Lokasi taman hiburan ini berada di SCAPE, 2 Orchard Link, Singapore 237978.

Negara Ini Segera Miliki Taman Hiburan Bubble Tea, 6 Potretnya Instagramable (sumber: Instagram.com/visit_singapore)

4. Spot-spot menarik sudah disiapkan di The Bubble Tea Factory. Taman hiburan ini buka dari pukul 16.00 - 22.00 untuk hari kerja dan 10.00 - 22.00 untuk akhir pekan waktu setempat.

Negara Ini Segera Miliki Taman Hiburan Bubble Tea, 6 Potretnya Instagramable (sumber: Worldofbuzz)

5. Salah satu spot menarik di The Bubble Tea Factory adalah ruangan kaca yang terdapat banyak bola-bola.

Negara Ini Segera Miliki Taman Hiburan Bubble Tea, 6 Potretnya Instagramable (sumber: Instagram.com/visit_singapore)

6. Di The Bubble Tea Factory, kamu juga bisa merasakan nikmatnya berbagai minuman Bubble Tea. Menarik banget kan?

Negara Ini Segera Miliki Taman Hiburan Bubble Tea, 6 Potretnya Instagramable (sumber: Worldofbuzz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polwan dan Mahasiswi Berhadapan di Garis Terdepan Demo di Istana

Posted: 17 Oct 2019 02:16 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa kembali turun ke jalan untuk berunjuk rasa menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Perppu terkait Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Awalnya, mahasiswa hendak menggelar aksi di depan Istana Presiden. Namun, dihadang polisi. Mereka membentuk barikade tepat di depan kawat berduri dan road barrier.

Mahasiswa akhirnya hanya bisa berunjuk rasa di depan Gedung Kementerian Pariwisata.

Mahasiswa semakin mendekati pihak kepolisian. Polisi pun menempatkan para polwa di garis depan. Tujuannya, agar mendinginkan suasana demonstrasi.

"Kita mengedepankan persuasi jadi terkesan polisi tidak sangar atau anti mahasiswa," ucap Kapolsek Gambir, Kompol Wiraga di lokasi.

Tak mau kalah, para mahasiswa yang berdemo juga menempatkan mahasiswi di garis depan. Sehingga polwan dan mahasiswi berhadap-hadapan.

 

Menumpahkan Kekesalan

Disela-sela koordinator berorasi peserta unjuk rasa lain sempat menumpahkan kekesalan ke pihak kepolisian yang berjaga.

"Ayah, ibu istighfar yang banyak. Jangan sampai kelewat batas memukuli kami. Katanya mengayomi tapi malah memukuli," teriak salah satu mahasiswa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlalu Lambat, Eriksen Dinilai Tak Cocok Gabung Munchen

Posted: 17 Oct 2019 02:15 AM PDT

Liputan6.com, Munchen - Legenda Bayern Munchen, Lothar Matthaus, menilai permainan playmaker Tottenham Hotspur, Christian Eriksen, terlalu lambat dan tak cocok dengan kubu Allianz Arena.

Munchen sebelumnya dilaporkan tertarik dengan Eriksen. Der Bavarians disebut bakal mempersiapkan dana besar untuk menebus pemain asal Denmark itu pada bursa transfer Januari.

Namun, Matthaus tak setuju dengan transfer ini. Menurut dia, performa pemain 27 tahun itu mengecewakan selama 2019.

"Saya telah mengikuti Eriksen untuk waktu yang lama, dan dia telah mengecewakan saya sejauh ini pada 2019. Transfer ke Munchen tidak akan membuat masuk akal bagi saya dan akan sangat mengejutkan. Bagi saya, dia bukan pemain yang bisa membantu Munchen," kata Matthaus di Soccerway.

"Jika dia tidak cukup bagus untuk Tottenham, dia tidak cukup baik untuk Munchen. Uli Hoeness juga mengatakan bahwa Munchen tidak perlu pemain pengganti. Eriksen memiliki teknik yang baik, tipikal nomor 10. Tapi dia terlalu lambat, dan Pelatih Niko Kovac suka pemain cepat."

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Pilih Havertz

Menurut Matthaus, Munchen lebih baik fokus pada Kai Havertz (Bayer Leverkusen) yang sedang jadi primadona di Bundesliga.

"Bagi saya, Eriksen bukan tipe pemain yang membuat perbedaan di level tinggi, jadi berkonsentrasilah pada transfer Kai Havertz musim panas mendatang, dan Anda masih memiliki Philippe Coutinho, yang bermain dengan baik sebagai nomor 10."

"Jangan lupa Thomas Muller, yang dapat memainkan posisi apa pun secara ofensif dan tidak akan menyerah, saya tetap berpegang teguh pada itu. Transfer Eriksen tidak masuk akal bagi saya," Matthaus menambahkan.

Statistik Eriksen

Eriksen sendiri sudah membela Tottenham dalam 11 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Ia juga menyumbangkan satu gol dan satu assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Berkutat di Zona Merah, IHSG Ditutup Naik ke 6.181,01

Posted: 17 Oct 2019 02:11 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Investor asing jual saham Rp 240 miliar di pasar regular.

Pada penutupan perdagangan saham Kamis(17/10/2019), IHSG ditutup di zona hijau dengan naik 11,42 poin atau 0,19 persen ke level 6.181,01. Sementara itu, indeks saham LQ45 juga naik 0,54 persen ke posisi 967,76.

Sebanyak 210 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara 170 saham melemah dan 156 saham diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 511.959 kali dengan volume perdagangan 16,4 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 8,2 triliun.

Investor asing jual saham Rp 240 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.148.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, empat sektor berada di zona merah. Sedangkan enam sektor berada di zona hijau.

Penguatan dipimpin oleh sektor aneka industri yang naik 3,40 persen. Diikuti oleh sektor industri dasar yang menguat 1,22 persen dan sektor perkebunan terdongkrak 0,97 persen.

Sementara saham-saham yang menguat antara lain SLIS yang naik 25 persen ke Rp 1.225 per saham, KBLV naik 24,24 persen ke Rp 410 per saham dan SSTM naik 22,39 persen ke Rp 492 per saham.

Saham-saham yang melemah antara lain PGLI turun 17,89 persen ke Rp 202 per saham, KRAH turun 17,33 persen ke Rp 930 per saham dan TFCO turun 13,54 persen ke Rp 332 per saham.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Tak Sesuai Prediksi

Pengunjung tengah melintasi layar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan terkoreksi di pasar saham. Hari ini, kemungkinan akan diwarnai aksi ambil untung (profit taking).

Analis PT Artha Sekuritas Dennies Christoper melihat rentang penguatan indeks pada hari ini sudah mulai terbatas. Sebab itu, IHSG diproyeksi tertekan.

"Indikator stochastic mulai menyempit. Diperkirakaan akan ada profit taking dalam jangka pendek, IHSG akan bergerak 6.126-6.206," tutur dia pada Kamis (17/10/2019).

Seirama, dari kacamata teknikal, analis lain menilai IHSG akan diperdagangkan di zona merah. Rentangnya pun masih akan berkisar di level 6.100.

"Masih ada potensi koreksi wajar IHSG dengan minimum kisaran di 6.126-6.196," ungkap Analis PT Binaartha Parama Sekuritas Nafan Aji Gustama.

Sementara itu, Head of Research Reliance Sekuritas Lanjar Nafi memperkirakan IHSG cukup memiliki peluang untuk naik menghijau hari ini.

Alasannya, investor masih akan terfokus menunggu laporan keuangan sejumlah perusahaan pada kuartal-III 2019.

"Sehingga kami perkirakan IHSG kembali bergerak menguat dengan support resistance 6140-6220," paparnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonom Sebut Sektor Industri Masih Jadi Titik Lemah Ekonomi Indonesia

Posted: 17 Oct 2019 02:11 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Senior Indef, Didik J Rachbini menyatakan, sektor industri harus jadi perhatian di periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada 2019-2024. Hal tersebut disampaikan olehnya dalam sambutan di acara Dialog 100 Ekonom bersama Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Didik juga berharap Presiden Jokowi akan melakukan blusukan ke sektor industri lebih sering lagi.

"Beberapa hal yang krusial dan perlu perhatian adalah industri. Kemudian neraca berjalan terus defisit, lalu neraca perdagangan (juga desifit). APBN juga, dari sisi penggunaan, itu boros dan populis. Habis untuk banyak," ujar Didik di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Di sisi lain, Didik menyebut kinerja Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia sudah bagus. Jusuf Kalla dinilai bisa jadi teladan bagi generasi seterusnya.

"Kontribusi pak Jusuf Kalla sangat baik bagi generasi-generasi seterusnya," tutupnya.

JK Sampaikan Pidato Terakhir di Hadapan 100 Ekonom

Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menjadi pembicara inti dalam acara dialog bersama 100 Ekonom yang digelar di Hotel Westin, Jakarta. Dalam kesempatan ini, Wapres JK menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya, karena di akhir masa jabatannya masih bisa dipertemukan dengan orang-orang hebat.

"Hari ini saya sudah mendengarkan dan bertemu banyak teman. Sisa dua hari kerja saya di pemerintahan. Saya terima kasih, ini pidato terakhir saya di acara temen-temen," kata JK mengawali sambutannya, di Jakarta, Kamis (17/10).

Wapres JK juga mengatakan terselenggaranya acara ini bisa menjadi tolak ukur hinga momentun untuk saling bertukar pikiran mengenai persoalan ekonomi yang terjadi saat ini. Dia pun memberikan ruang dialog terhadap para ekonom-ekonom yang hadir.

"Saya mau denger aspriasi dan pandangan dari kawan-kawan," imbuh JK

Di samping itu, Wapres JK juga menyoroti salah satu ekonom senior yang hadir yakni Emil Salim. Dia mengaku telah banyak belajar dari beliau dan mempunyai kedekatan khusus. Bahkan, Cerita Wapres JK sosok Emil Salim pernah menjadi pembicara saat dirinya masih menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Hasanudin (UNHAS).

"Ekonom yang senior Pak Emil nih. Saya mau berbagi pengalaman saya. 54 tahun yang lalu, masih muda dan ganteng. Saya masih mahasiswa di UNHAS. Sebagai ketua senat, ada seminar ekonomi pancasila. Pembciaranya pak emil, beliau baru pulang dari Den Haag. Katanya waktu itu, baru pulang terus ngomong utang Indonesia. Gimana pembicaraanya? Gampang itu, kita gak bisa bayar, mau apa tuh mereka. Nantilah kalau kita sanggup kita bayar," kisahnya.

Seperti diketahui, masa jabatan JK sebagai Wakil Presiden sebentar lagi akan berakhir. Selanjutnya tongkat estafet kepemimpinan baru jatuh kepada Joko Widodo dan Maruf Amin yang telah ditetapkan sebagai pemenang dalam pilpres 2019. Keduanya akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada Minggu, 20 Oktober 2019 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polri dan Bea Cukai Bongkar Sindikat Narkoba Asal Afrika Selatan

Posted: 17 Oct 2019 02:08 AM PDT

(kiri-kanan) Kepala KPPBC TMP C Kantor Pos Pasar Baru Kunawi, Karopenmas Div Humas Polri Dedi Prasetyo, dan Wakil Dir Tipid Narkoba Krisno saat konferensi pers pengungkapan jaringan internasional sindikat Afrika Selatan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

(kiri-kanan) Kepala KPPBC TMP C Kantor Pos Pasar Baru Kunawi, Karopenmas Div Humas Polri Dedi Prasetyo, dan Wakil Dir Tipid Narkoba Krisno saat konferensi pers pengungkapan jaringan internasional sindikat Afrika Selatan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Karopenmas Div Humas Polri Dedi Prasetyo (kanan) memberi keterangan saat konferensi pers pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi menyita 1.095 gram narkotika jenis sabu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Karopenmas Div Humas Polri Dedi Prasetyo (kanan) memberi keterangan saat konferensi pers pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi menyita 1.095 gram narkotika jenis sabu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Dir Tipid Narkoba Krisno memberi keterangan saat konferensi pers pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi membekuk tujuh tersangka warga negara Thailand dan Nigeria. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Dir Tipid Narkoba Krisno memberi keterangan saat konferensi pers pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi membekuk tujuh tersangka warga negara Thailand dan Nigeria. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tersangka kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan dihadirkan dalam konferensi pers pengungkapan kasus narkoba di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi membekuk tujuh tersangka warga negara Thailand dan Nigeria. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tersangka kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan dihadirkan dalam konferensi pers pengungkapan kasus narkoba di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi membekuk tujuh tersangka warga negara Thailand dan Nigeria. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tersangka kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan dihadirkan dalam konferensi pers pengungkapan kasus narkoba di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi menyita 1.095 gram narkotika jenis sabu. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Tersangka kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan dihadirkan dalam konferensi pers pengungkapan kasus narkoba di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi menyita 1.095 gram narkotika jenis sabu. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas menunjukkan barang bukti dalam konferensi pers kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi menyita 1.095 gram narkotika jenis sabu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menunjukkan barang bukti dalam konferensi pers kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi menyita 1.095 gram narkotika jenis sabu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Barang bukti kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan dihadirkan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi membekuk tujuh tersangka warga negara Thailand dan Nigeria. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Barang bukti kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan dihadirkan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi membekuk tujuh tersangka warga negara Thailand dan Nigeria. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Barang bukti kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan dihadirkan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi menyita 1.095 gram narkotika jenis sabu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Barang bukti kasus narkoba jaringan internasional sindikat Afrika Selatan dihadirkan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Polisi menyita 1.095 gram narkotika jenis sabu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Purna Tugas, Wapres Jusuf Kalla Akan Fokus Beribadah

Posted: 17 Oct 2019 02:06 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal dalam hitungan hari, Jusuf Kalla menjabat jadi Wakil Presiden RI. Dia mengatakan, Minggu 20 Oktober dia bakal melepas tanggung jawab memimpin negara.

Dia mengatakan, akan mengisi waktunya untuk lebih fokus beribadah.

"Insyallah hari Minggu itu hari bebaslah, kemudian. Bebas artinya waktu banyak beribadah banyak waktu untuk fastabiqul khairat. Jadi syarat turut serta fastabiqul khairat ini kan harapan kita semua," kata Jusuf Kalla saat meresmikan Masjid At-Tanwir di Gedung Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Pada peresemian tersebut JK juga berterima kasih kepada Muhammadiyah yang telah bekerja sama dengan baik dengan pemerintah. Dia berharap, Muhammadiyah bisa membangun masjid lebih banyak.

"Karena Muhammadiyah, fastabiqul khairat (berlomba-lombalah berbuat kebajikan), ya lomba-lombalah untuk menyelesaikan mesjid ini," ungkap Jusuf Kalla.

Pada 20 Oktober 2019, Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat. Pelantikan tersebut akan dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Gaji Pensiun

Wapres Jusuf Kalla atau JK. (Merdeka.com)

Menjelang purna tugas, Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro dan jajarannya. Iqbal memberikan layanan proaktif kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla berupa penyerahan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun.

Sebagai Pejabat Negara dan merupakan peserta Taspen, Wapres JK memperoleh manfaat program THT dan pensiun sebagai penghargaan atas jasa dan dedikasi dalam mengabdi kepada Negara. 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Jusuf Kalla sangat mengapresiasi Layanan proaktif Taspen sehingga akan memudahkan peserta Taspen dalam mendapatkan manfaatnya.

"Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Iqbal dan kawan-kawan semoga kita semua selalu di berikan kesehatan," ucap Jusuf Kalla.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lahirkan Calon Pemimpin Muda Indonesia, Ini Pemenang Nutrifood Leadership Award 2019

Posted: 17 Oct 2019 02:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nutrifood Leadership Award kembali diadakan. Memasuki tahun ke-14, program yang bertujuan memberikan penghargaan bagi para mahasiswa Indonesia yang berpotensi dan berprestasi di bidang kepemimpinan ini mengangkat tema 'Leader Create Leaders.'Dari ribuan mahasiswa yang terdaftar dari seluruh Indonesia, sebanyak 22 orang finalis diundang mengikuti karantina di Jakarta.

HR Manager Nutrifood, Dian Mariani mengatakan bahwa program tersebut merupakan salah satu wujud komitmen Nutrifood di bidang pendidikan dan kepemimpinan. Tujuannya satu, mengumpulkan mahasiswa-mahasiwa yang peduli pada Indonesia dan menginpirasi mereka untuk membuat gerakan ke arah Indonesia yang lebih baik.

 

 

Selanjutnya

Doc: Awarding Nutrifood Leadership Award 2019 (SulungLahitani/Liputan6.com)

"Semua CV yang masuk kita seleksi dan baca satu-satu. Kegiatan organisasi termasuk movement yang mereka lakukan kami lihat. Positif impact apa yang mereka buat juga kita lihat," ungkap Dian saat ditemui di acara Awarding Nutrifood Leadership Award pada Kamis (17/10/2019) di Jakarta.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa dari ribuan CV yang masuk, dipilih terpilih dahulu sebanyak 218 semifinalis untuk kemudian mengikuti audisi di empat kota besar: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Barulah kemudian dipilih finalis untuk mengikuti karantina selama tiga hari (15-17 Oktober 2019).

 

 

Selanjutnya

Doc: Awarding Nutrifood Leadership Award 2019 (SulungLahitani/Liputan6.com)

Pada masa karantina tersebut, para finalis dipertemukan dengan sembilan role model pemimpin masa kini, baik dari pemerintahan, korporasi, pemimpin startup sosial, maupun organisasi non-profit. Mereka adalah Bapak Mardi Wu (CEO Nutrifood), Ibu Najeela Shihab (Pendiri Semua Murid Semua Guru), Ibu Ayu Kartika Dewi (Co-Founder SabangMerauke & Managing Director Indika Foundation), Ibu Ainun Chomsun (Founder Akademi Berbagi).

Selain itu, juga ada Ibu Valencia Mieke (Pendiri Rumah Harapan & Blood4LifeID), Ibu Yanti Nisro (Deputy Managing Director DEKA Insight), Ibu Iim Fahima Jachin (Pendiri Queenrides & Young Global Leader di World Economic Forum), Panji Aziz Pratama (Founder Istana Belajar Anak Banten & Pemenang #NutriLead 2015), serta Denis Dimas (Pendiri Wonosobo Muda & alumni #NutriLead 2012).

 

 

Selanjutnya

Doc: Awarding Nutrifood Leadership Award 2019 (SulungLahitani/Liputan6.com)

Untuk tahun ini, I Komang Triska Ananda Dilivianugraha P. dari President University terpilih menjadi pemenang, disusul oleh Yogie dari Institut Pertanian Bogor sebagai pemenang kedua, dan Fuadi Ulum dari Universitas Indonesia sebagai pemenang ketiga. Juga terpilih Airlangga Putra Aridharma dari Universitas Sebelas Maret sebagai The Most Favorite Finalist.

Para pemenang pertama hingga ketiga mendapatkan sejumlah uang tunai dan sesi leadership mentoring dari CEO Nutrifood, Mardi Wu selama enam bulan.

 

 

Selanjutnya

Doc: Awarding Nutrifood Leadership Award 2019 (SulungLahitani/Liputan6.com)

Dian berharap tak hanya pemenang, tapi para finalis Nutrifood Leadership Award tak berhenti berbuat gerakan kebaikan.

"Nanti ada saja ganjalannya saat mengembangkan gerakan tersebut. Makanya, kami selalu panggil alumni (Nutrifood Leadership Award) agar para finalis tak merasa gap terlalu jauh dengan para pemateri. Biar menginspirasi juga," pungkas Dian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye #UbahdenganSuara Bantu Pendidikan Komunikasi untuk Guru

Posted: 17 Oct 2019 02:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak di antara siswa sulit memahami pelajaran di sekolah karena guru kurang interaktif dalam berkomunikasi. Karenanya, LISTERINE membuat kampanye #UbahdenganSuara yang membantu memberi pendidikan komunikasi bagi para guru.

Movement ini merupakan dukungan terhadap program pemerintah dalam peningkatan kualitas guru. "Kami selalu ingin memberi dampak positif pada masyarakat," kata Country Leader of Communications and Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia Devy Yheanne di bilangan Jakarta Selatan, Rabu, 16 Oktober 2019.

Berbeda dengan semester lalu yang menggelar kampanye dengan program pemberian pendidikan untuk siswa, kali ini LISTERINE fokus pada pendidikan komunikasi untuk para guru di Kabupaten Aceh Singkil.

Kampanye ini bisa diikuti semua lapisan masyarakat di Indonesia dengan cara membeli produk pembersih mulut LISTERINE Cool Mint atau Siwak ukuran 250 mililiter (ml) hingga 17 November 2019.

Nantinya seluruh keuntungan dari hasil penjualan produk ini akan didonasikan untuk kampanye pendidikan komunikasi #UbahdenganSuara.

Pendidikan Komunikasi

LISTERINE jadi merek yang membuat kampanye untuk peduli pendidikan komunikasi untuk guru di Aceh Singkil (dok Indtagram @listerine.id/https://www.instagram.com/p/B1WAQo2A5_9/Ossid Duha Jussas Salma)

Demi mengumpulkan relawan guru yang akan didistribusikan ke seluruh daerah di Aceh Singkil, LISTERINE bekerja sama dengan LSM Indonesia Mengajar.

"Kami sengaja memilih daerah Aceh Singkil karena di sana adalah salah satu wilayah Aceh yang sangat tertinggal," kata Sidik Eka Hermawan, Project Director Bussiness Partnership Unit Indonesia Mengajar.

"Kami juga melihat, banyak guru yang kurang pandai dalam berkomunikasi, sehingga ilmu yang diberikan jadi kurang dipahami siswa," Sidik menambahkan.

Sidik juga mengungkap, Aceh Singkil sangat lambat dalam laju kemajuan wilayahnya. Akses menuju Aceh Singkil sendiri membutuhkan waktu berjam-jam dengan perjalan jauh dari nyaman.

Karenanya, bidang insfrastruktur, digital, pendidikan akademis, bahkan pendidikan komunikasi kurang didukung pemerintah daerah (pemda) setempat.

"Semua orang ingin pendidikan di Indonesia semakin baik. Lewat kampanye #UbahdenganSuara, kami membantu menyalurkan semangat masyarakat mewujudkan kemajuan pendidikan dengan bantuan pendidikan komunikasi untuk guru di Aceh Singkil dari LISTERINE," kata Rikka Anggita, Marketing Lead Oral Care PT Johnson & Johnson Indonesia.

(Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes Jepang Lepas Peserta Program Kapal Pemuda Asia Tenggara ke-46

Posted: 17 Oct 2019 02:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Jepang menyelenggarakan acara pelepasan keberangkatan bagi rombongan Indonesia yang terdiri atas 28 pemuda terpilih dari seluruh Nusantara dan seorang national leader.

Mereka semua akan berangkat ke Jepang dalam rangka program Kapal Pemuda Asia Tenggara ke-46, yang diselenggarakan Cabinet Office Jepang.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengatakan, ini adalah langkah yang baik.

"Program ini sangat bagus, karena ini adalah kesempatan emas untuk orang milenial untuk mengetahui tentang negara-negara ASEAN dan Jepang tentunya," ujarnya dalam acara tersebut di Keduataan Besar Jepang, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Tak hanya Duta Besar Jepang saja yang turut hadir, President SSEAYP International Indonesia, Pia Adiprima dan Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Muda, I Gusti Putu Raka Pariana.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Belajar Mengenai Kemaritiman

Pelepasan Peserta Program Kapal Pemuda Asia Tenggara ke-46, Kemaritiman, di Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Jakarta Pusat (Aqilah Ananda Purwanti).

Para pemuda nantinya akan berlayar ke negara-negara ASEAN, mulai dari Vietnam, Singapore, Mynmar, Malaysia, dan kembali ke Jepang.

Selama di kapal, mereka diberikan berbagai ilmu pengetahuan. "Selama dikapal mereka aka berdiskusi tentang isu ASEAN dan Jepang. Istilahnya, mereka kan agen perubahan, nah itu juga bagaimana mereka menyiapkan diri di bidang kemaritiman ini," ujar I Gusti.

Ia juga mengatakan, program ini bertujuan untuk berkesempatan membangun hubungan di bidang kemaritiman, mengingat wilayah Indonesia yang luas.

"Nantinya yang berangkat, akan mendapatkan pelajaran tentang wawasan nusantara dan bagaimana mereka mengelolanya," ujarnya.

Mulai dari tanggal 24 Oktober sampai 13 Desember 2019, rombongan pemuda Indonesia akan melakukan perjalanan ini termasuk berkunjung ke Jepang.

Meningkatkan Persahabatan

Pelepasan Peserta Program Kapal Pemuda Asia Tenggara ke-46, Kemaritiman, di Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Jakarta Pusat (Aqilah Ananda Purwanti).

Program ini dimulai dengan pernyataan bersama antara Jepang dengan negara-negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand pada Januari 1974.

Setelah itu, negara-negara lainnya seperti Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja pun turut berpartisipasi. Di bawah 10 negara Asia Tenggara inilah pemerintah Jepang menyelenggarakan program ini

Pemuda dari Jepang dan negara-negara Asia Tenggara berlayar dengan Kapal Pemuda Asia Tenggara "Nippon Maru" untuk menjalani kehidupan sehari-hari bersama sambil memperkenalkan keadaan negara masing-masing dan berdiskusi.

Dengan menyelenggarakan beragam kegiatan pertukaran diharapkan akan dapatmeningkatkan saling pemahaman dan persahabatan.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sergio Aguero dan 6 Pesepak Bola yang Pernah Kecelakaan Mobil

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Jakarta - Sergio Aguero mengalami kecelakaan saat berangkat ke tempat latihan, Rabu (16/10/2019) pagi waktu setempat. Namun, setelah insiden tersebut, pesepak bola asal Argentina tersebut masih bisa mengikuti sesi latihan bersama rekan-rekannya.

Mobil yang dikendarai Sergio Aguero mengalami kerusakan cukup parah di bagian depan. Saat kecelakaan, Striker Manchester City itu mengendarai mobil mewah bermerek Range Rover seharga Rp2,7 Miliar.

Memang belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan tersebut. Namun, yang jelas Aguero hanya seorang diri saat mengalami insiden itu.

Selain Sergio Aguero, beberapa pesepak bola top Eropa juga pernah mengalami kecelakaan di jalan. Pemain yang pernah menderita insiden serupa antara lain Wayne Rooney, Mario Balotelli hingga Cristiano Ronaldo.

Berikut 6 pesepak bola yang pernah mengalami kecelakaan mobil.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

1. Mario Balotelli

Mario Balotelli.  (EPA/Lindsey Parnaby)

Mario Balotelli pernah mengalami kecelakaan mobil, tepatnya pekan setelah ​datang ke Inggris. Kala itu, Balotelli datang ke Inggris untuk memperkuat Manchester City.

Setelah menjadi pemain The Citizens, Balotelli langsung membeli mobil baru. Namun, nasib nahas langsung menimpa dirinya karena menabrak mobil lain.

Beruntung, Balotelli dan orang yang mobilnya ia tabrak selamat, hanya mobilnya yang ringsek.

2. Karim Benzema

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Karim Benzema mengalami kecelakaan di pinggir kota Madrid beberapa saat setelah laga El Clasico. Padahal saat itu, Benzema mengendarai mobil dengan kecepatan pelan.

Banyak yang menganggap dirinya kurang fokus akibat timnya kalah dari Barcelona. Kejadian tersebut terjadi pada 2009.

3. Nicklas Bendtner

Nicklas Bendtner

Mantan penyerang Arsenal, Nicklas Bendtner, pernah terlibat kecelakaan parah pada 2009. Insiden yang dialami Bendtner terjadi saat dalam perjalanan menuju tempat latihan.

Mobil Aston Martin yang dikendarai lepas kendali dan mengakibatkan kecelakaan. Beruntung Bendtner tak mengalami luka yang parah.

Setelah itu Bendtner masih bisa ke tempat latihan mengendarai motor.

4. Diego Maradona

Diego Maradona. (AFP/Pedro Pardo)

Satu di antara pemain terbaik di dunia, Diego Maradona, pernah mengalami kecelakaan. Saat itu, Maradona mengendarai mobil dengan melawan arus di sebuah tol di Kuba.

Alhasil, mobilnya langsung menabrak bus. Beruntung, Maradona tak mengalami luka yang serius.

Kabarnya, saat kecelakaan tersebut Maradona sedang dalam pengaruh obat-obatan terlarang.

5. Wayne Rooney

Wayne Rooney.  (AFP Photo/Paul Ellis)

Wayne Rooney pernah mengalami kecelakaan mobil. Bahkan, mantan pemain Manchester United itu mengalami kecelakaan mobil bukan hanya sekali.

Pemain asal Inggris itu kecelakaan dengan tiga mobil mewah yang berbeda. Ia pernah menabrakan Aston Martin, Range Rover, hingga mobil yang harganya lebih murah daripada kedua mobile tersebut, yakni Escalade.

Terakhir, Rooney mengalami kecelakaan saat memakai mobil Lamborghini Gallardo di Manchester untuk pergi ke restoran.

6. Cristiano Ronaldo

Penyerang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo.  (AP Photo/Armando Franca)

Cristiano Ronaldo sempat mengalami kecelakaan yang mengerikan saat masih di Manchester United. Saat itu, Ronaldo yang mengendarai Ferrari menabrak dinding terowongan di dekat bandara Manchester.

Bagian depan mobil yang ditumpangi Cristiano Ronaldo hancur berat. Salah satu roda mobilnya sempat melayang jauh dari tempat kejadian perkara.

Beruntung Ronaldo baik-baik saja dan masih bisa berjalan.

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugrono / Editor Yus Mei Sawitri, Published 17/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMP 2020 Naik 8,51 Persen, Ini Tanggapan Kadin Surabaya

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 sebesar 8,51 persen.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 pada 15 Oktober 2019 tentang Penyampaian Data Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019.

Dikutip dari Surat Edaran tersebut, kenaikan UPM ini berdasarkan pada data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi (pertumbuhan produk domestik bruto) yang akan digunakan untuk menghitung upah minimum tahun 2020 bersumber dari Badan Pusar Statistik Republik IndonesIa (BPS RI)," bunyi SE tersebut seperti yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019 seperti dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.

Ketua Kadin Surabaya, Ali Efendi menuturkan, pengusaha pasti menyesuaikan upah setiap tahun. Terkait penetapan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan UMK sebesar 8,51 persen, menurut Ali, pemerintah sudah memperhitungkan dan mempersiapkan berdasarkan rumusan yang ada. Ia belum dapat berkomentar lebih jauh mengenai penetapan besaran UMP 2020 tersebut.

Meski demikian, Ali mengingatkan kalau pemerintah dan masyarakat tidak menutup mata. Ini lantaran akan terjadi resesi ekonomi beberapa tahun ke depan. Sebelumnya Kepala Ekonom Moody's Analytics Mark Zandi memperingatka kemungkinan terjadi resesi ekonomi global dalam 12-18 bulan ke depan.

"Saya pikir risikonya sangat tinggi sehingga jika sesuatu tidak melekat maka kita memang memiliki resesi. Bahkan jika kita tidak memiliki resesi selama 12-18 bulan ke depan, saya pikir cukup jelas bahwa kita akan memiliki ekonomi yang jauh lebih lemah," ujar dia dikutip dari laman CNBC.

Zandi menuturkan, ada sejumlah dugaan yang sama sebabkan ekonomi melambat termasuk Presiden AS Donald Trump tidak sebabkan ketegangan perang dagang dengan China, Inggris menemukan solusi untuk Brexit dan bank sentral melanjutkan stimulus moneter.

IMF juga prediksi pertumbuhan ekonomi global akan tumbuh tiga persen pada 2019 dan 3,4 persen pada 2020. Angka ini lebih lambat dari perkiraan pada Juli dengan target masing-masing 3,2 persen dan 3,5 persen.

Sementara itu, Ali menambahkan, jika kenaikan upah minimum provinsi (UMP) tenaga kerja diimbangi oleh produktivitas tidak menjadi masalah. Hal ini karena daya saing perusahaan dan negara akan naik.

"Akan tetapi jika UMP naik terus tidak diikuti dengan produktivitas kerja ini yang bahaya. Pasti dari segi pengusaha akan efisiensi, risikonya akan terjadi pengurangan penyerapan tenaga kerja," ujar Ali saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (17/10/2019).

Ali menuturkan, ada sejumlah perusahaan besar telah melakukan efisiensi besar-besaran. Oleh karena itu, ia mengingatkan agar seluruh pihak juga dapat membangun sumber daya manusia (SDM) tidak hanya menjadi pegawai saja.

Ali menilai, jiwa pengusaha atau entrepreneur juga perlu ditanamkan dalam SDM di Indonesia. Hal ini agar masyarakat Indonesia tidak hanya memiliki mental karyawan.

Selain itu, Ali menuturkan, bonus demografi juga perlu jadi perhatian. Ini harus dimanfaatkan untuk membangun SDM. Indonesia akan mendapatkan bonus demografi pada 2025 sedangkan di Jawa Timur pada 2023.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

UMP 2020 Naik 8,51 Persen

Ilustrasi Upah Buruh (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 sebesar 8,51 persen.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 tanggal 15 Oktober 2019 tentang Penyampaian Data Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019.

Dikutip dari Surat Edaran tersebut, kenaikan UMP ini berdasarkan pada data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional.  

"Data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi (pertumbuhan produk domestik bruto) yang akan digunakan untuk menghitung upah minimum tahun 2020 bersumber dari Badan Pusar Statistik Republik IndonesIa (BPS RI)," bunyi SE tersebut seperti yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Berdasarkan Surat Kepala BPS RI Nomor B-246/BPS/1000/10/2019 Tanggal 2 Oktober 2019. lnflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional sebagai berikut:

a. Inflasi Nasional sebesar 3,39 persen‎

b. Pertumbuhan Ekonomi Nasional (Pertumbuhan PDB) sebesar 5,12 persen‎

"Dengan demikian, kenalkan UMP dan/atau UMK Tahun 2020 berdasarkan data Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional yaitu 8,51 persen," demikian tertulis dalam SE tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cyber Patrol, Upaya BPOM Awasi Peredaran Obat dan Makanan di Media Sosial

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia belum memiliki kerja sama dengan perusahaan media sosial (medsos) terkait pengawasan peredaran obat dan makanan. Namun, BPOM tetap melakukan pemantauan obat dan makanan yang ada di medsos.

"Untuk kerja sama secara khusus dengan media sosial memang belum tapi melalui upaya tugas kami dalam cyber patrol itu, medsos ada dalam pengawasan kami juga," kata Kepala BPOM Penny K. Lukito pada Health Liputan6.com di Jakarta, Kamis (17/18/2019).

Walau begitu, BPOM tidak menutup kemungkinan apabila nanti akan ada kerja sama terkait pengawasan obat dan makanan dengan perusahaan media sosial. Tentu dengan mekanisme tertentu.

"Upaya kerja sama dengan medsos akan kita kembangkan, tapi tetap medsos dalam pantauan cyber patrol-nya Badan POM dan kepolisian tentunya," kata Penny menegaskan.

 

Kerja sama dengan penyedia jasa perdagangan elektronik.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia menjalin kerjasama dengan asosiasi E-Commerce Indonesia (Giovani Dio Prasasti/Liputan6.com)

Terkait peredaran obat dan makanan secara daring, BPOM sepakat melakukan kerja sama dengan penyedia jasa perdagangan elektronik. Salah satu tujuannya adalah untuk melakukan pengawasan terhadap peredaran produk obat dan makanan yang dijual secara daring.

"Kami menyamakan kesepakatan, kami membangun mekanisme yang utamanya adalah melindungi masyarakat," kata Penny dalam konferensi persnya.

Penny mengatakan bahwa ada tiga hal yang menjadi dicakup dalam kerja sama ini.

Pertama, terkait pengawasan peredaran produk obat dan makanan yang dijual di laman perdagangan elektronik. Selain penyedia jasa yang melakukan penyaringan, BPOM juga melakukan patroli siber untuk melalukan pengawasan produk obat dan makanan dan bisa melakukan rekomendasi untuk penurunan produk apabila ditemukan hal-hal yang tidak sesuai ketentuan.

Kerja sama kedua juga dilakukan dalam pertukaran data dan informasi terkait pengawasan, peredaran, pengiriman, promosi, dan iklan obat dan makanan serta produk tembakau dalam sistem elektronik.

Ketiga adalah dalam pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat. Salah satunya terkait iklan.

"Jangan sampai penjualan online memberikan sebebas-bebasnya iklan yang tidak tepat, tidak obyektif, tidak sesuai, dan berlebihan yang akan membahayakan konsumen," ujar Penny.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan BPOM, Asosiasi e-Commerce Indonesia, serta Bukalapak, Tokopedia, Klikdokter, Halodoc, Gojek, dan Grab.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Kapolda Kalsel Duduk Bareng Massa Demo Buruh dan Pekerja

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Banjarmasin - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani, menemui massa buruh dan pekerja yang sedang berdemonstrasi di depan Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (16/10/2019).

Dari pantauan di lapangan, Kapolda Kalsel dengan didampingi Ketua DPRD Kalsel, Karo Ops, Dir Intelkam, Dir Samapta, Dir Pamobvit Polda Kalsel dan Kapolresta Banjarmasin datang menemui massa demonstran yang menolak RUU Ketenagakerjaan dan berkumpul di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin. Kehadiran Jenderal bintang dua beserta rombongan disambut baik massa pendemo.

"Hidup polisi!" teriak orator menyambut kedatangan Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, di tengah-tengah massa.

Sambil duduk di jalan di tengah kerumunan masa Dalam kesempatan ini, Yazid menyampaikan apresiasi yang tinggi terhdapa para pendemo yang berlangsung tertib hingga siang ini. 

"Saya lihat massa sangat banyak hari ini tapi kegiatan dilaksanakan sangat tertib. Saya kira inilah cara-cara penyampaian aspirasi yang benar," kata Yazid Fanani.

Yazid juga mengatakan, masyarakat dilindungi undang-undang dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Namun dia berharap aspirasi disampaikan dengan tertib dan tidak melanggar aturan. Karena itu, dia mengapresiasi massa demo buruh dan pekerja yang tetap tertib dalam aksi demonstrasi hari ini.

"Ini dapat dicontoh oleh elemen-elemen masyarakat lainnya baik per orang atau lain sebagainya untuk menyampaikan apsirasinya kepada siapa pun juga. Karena itu memang dilindungi undang-undang," ucapnya.

Jenderal bintang dua ini kemudian mengucapkan terima kasih kepada massa sebelum meninggalkan kerumunan massa yang berdemonstrasi. Dia kemudian pergi meninggalkan massa aksi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sindikat Aborsi di Malang Libatkan Oknum Mahasiswi Perguruan Tinggi

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lima tersangka pengedar obat aborsi ini ditangkap aparat Kepolisian Resor Malang Kota. Mereka masing-masing berinisial; BL, AD, TR, TA dan ID, dari kelima tersangka ini BL dan AD masih berstatus mahasiswi sebuah Perguruan Tinggi di Malang, sementara tiga tersangka lain adalah pegawai apotik dan penjual nasi goreng. Berikut diberitakan program Fokus, 16 Oktober 2019.

Dalam kasus ini ada 3 tersangka utama yakni TA, ID dan TR. TA dan ID berperan sebagai penjual obat aborsi, sedang TR bertugas memasok obat-obat tersebut kepada yang membutuhkannya.

Pengungkapan kasus ini bermula, saat polisi menangkap AD, seorang mahasiswi yang membunuh janin yang dikandungnya, usai minum obat aborsi dari TA. Bayi AD itu dikabarkan dimakamkan di wilayah Pasuruan. Dari pengungkapan ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti.

"Kita lakukan penyelidikan, sumber informasi dari masyarakat, yang maraknya peredaran gelap obat-obatan yangmana mempunyai kandungan untuk menggugurkan janin di wilayah Kota Malang, sehingga tim yang dibentuk oleh Kasatreskrim berhasil mengamankan tersangka berinisial T, kemudian dikembangkan dan diamankan beberapa obat-obatan untuk menggugurkan janin dari beberapa korban-korbannya," kata AKBP Dony Alexander, Kapolres Malang Kota.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galeri Foto Mahindra Scorpio, Pikap Bongsor Asal India

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan asal India, Mahindra resmi masuk kembali ke pasar Indonesia. Mencoba peruntungan di Tanah Air, jenama Bollywood ini membawa dua varian pikap, yaitu Scorpio double cabin dan single cabin.

Tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu merah, silver, putih dan hitam. Harganya, Mahindra Scorpio single cabin dibanderol Rp278 juta dan double cabin dilepas Rp318 juta.

Berikut galeri foto Mahindra Scorpio asal India:

Eksterior

Logo Mahindra Scorpio (Arief/Liputan6.com)Bak Mahindra Scorpio (Arief/Liputan6.com)Ban Mahindra Scorpio (Arief/Liputan6.com)

Bagian Interior

Sistem hiburan Mahindra Scorpio (Arief/Liputan6.com)Transmisi Mahindra Scorpio (Arief/Liputan6.com)Interior Mahindra Scorpio (Arief/Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetangga Tak Menyangka Vicky Nitinegoro Ditangkap karena Narkoba

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vicky Nitinegoro Ditangkap oleh satuan Ditresnarkoba Polda Metro diduga karena penyalahgunaan obat terlarang. Saat ini, polisi masih terus melakukan pemeriksaan.

Terkait penangkapan ini, salah satu tetangga Vicky Nitinegoro, Eko, di kawasan Jeruk Purut, buka suara. Ia juga terkejut mendengar pemberitaan ditangkapnya Vicky karena narkoba.

"Saya kaget aja kalau dia tersangkut ke hal-hal yang kayak gitu," ucap Eko saat ditemui di kediamannya di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019) dini hari.

Di matanya, Vicky Nitinegoro adalah orang yang baik. Meski seorang public figure, ia aktif bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

 

Penangkapan Bukan di Rumah

Demi mencari bibit baru di beberapa daerah, aktor 33 tahun itu juga sering ke daerah-daerah. Membuat acara sepak bola persahabatan sama tim-tim liga. (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Ya saya sih yang saya tahu dia tuh orang baik. Keluarganya juga fine fine aja. Keluarganya enggak ada masalah apa-apa ya. Baik, ibunya apalagi baik," papar Eko.

Lebih lanjut, penangkapan Vicky Nitinegoro kemungkinan bukan di rumahnya di kawasan Jeruk Purut tersebut. Sebab menurut Eko, tak terjadi keributan di lingkungannya.

 

Bisa Geger

Awal Ramadhan 2015 sudah di depan mata. Kira-kira apa harapan Vicky Nitinegoro untuk momen puasa 2015? (via istimewa)

"Mungkin nggak di sini ketangkepnya. Kalau di sinikan pasti udah geger juga, RT-RT selingkungan ini pasti tahu," ia mengakhiri.

Hingga berita ini ditulis, kepolisian memang belum merilis waktu dan tempat penangkapan. Begitu juga dengan kronologi dan detail barang buktinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mindanao Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagian selatan Filipina, khususnya Mindanao diguncang gempa dengan magnitudo 6,4. Satu anak dilaporkan tewas akibat tertimpa reruntuhan tembok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Road to Social Media Week Jakarta 2019: Media Gathering Hanya di Vidio

Posted: 17 Oct 2019 02:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Social Media Week Jakarta adalah acara media sosial, pemasaran dan teknologi terbesar di Indonesia yang berjalan sejak 2015. 

Acara tersebut terdiri dari konferensi, pertemuan komunitas, workshop, dan satelit.

Pada Rabu (16/10/2019) kemarin, telah digelar acara Media Gathering Social Media Week (SMW) Jakarta 2019 di Brewerkz, Senayan City, Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh Antonny Liem, Chairman Social Media Week Jakarta dan Chief Executive Officer PT Merah Cipta Media beserta Oddie Randa, Managing Director Gushcloud Indonesia.

Ringkasan dari materi yang disampaikan oleh kedua pembicara menyoroti tentang bagaimana media sosial memiliki peran seperti pedang bermata dua, di mana menciptakan 'pengaruh' positif lewat publikasi konten edukatif dan informatif maupun meninggalkan jejak negatif (hoax, ujaran kebencian, cyber frauds) yang merugikan banyak pihak. 

Juga memaparkan mengenai influencer dalam dunia pemasaran, strategi pemasaran hingga cara penggunaan media sosial secara bertanggungjawab.

Tonton video selengkapnya Road to Social Media Week Jakarta 2019: Media Gathering di channel SMW Jakarta hanya di Vidio.

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Tutorial Memasak Ini Sukses Bikin Netizen Geregetan

Posted: 17 Oct 2019 01:55 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu konten di media sosial yang mulai menjamur ialah tutorial. Video tutorial biasanya mendeskripsikan langkah-langkah untuk mengerjakan atau membuat sesuatu seperti tutorial menggambar, tutorial mengedit video, tutorial makeup dan lain sebagainya.

Di antara banyak tutorial yang beredar, tutorial memasaklah yang tak pernah lekang oleh waktu.  Memasak memang menjadi hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Tapi, akan terasa sulit bagi pemula yang belum terbiasa memasak. 

Tentunya, akan terbantu jika memasak sambil melihat vidoe tutorial memasak melalui media sosial, baik Instagram, YouTube atapun Twitter.  Ada begitu banyak tutorial memasak yang bisa ditemukan, dari masakan Indonesia hingga masakan Jepang, dari yang sederhana hingga yang rumit sekalipun. 

Namun, lain halnya dengan tutorial memasak yang satu ini. Alih-alih memasak makanan yang lezat. Video tutorial memasak ini justru sukses bikin kamu geregetan. Penasaran seperti apa videonya? berikut Liputan6.com rangkum dari akun Twitter @masakdarurat, Kamis (17/10/2019) 

Tutorial Cara Memasak

Nyatanya video tutorial memasak tak selalu serius, tak sedikit pula yang membuat tutorial masak nyeleneh. Seperti tutorial yang satu ini, alih-alih kamu membuat makanan yang nikmat, video tutorial ini justru menampilkan bagaimana cara memasak angin!

Meski terlihat absurd namun seorang warganet pun membaut videonya, kira-kira gimana ya prosesnya? Berikut videonya!

Bikin Netizen Geregetan

Aksi memasak angin ini tentu saja sukses mengundang perhatian warganet. Diunggah akun Twitter @masak.darurat pada hari ini (17/10/2019), video berdurasi 52 detik ini sudah mendapatkan  1,6 ribu retweet dan 2,9 rb like. 

Video memasak angin ini pun sukses bikin warganet emosi dan geregetan. Tak sedikit warganet yang meninggalkan komentar terkait video tersebut.  

"Meskipun halu ya tetep diliat sampe abis videonya" ungkap @catrinkurnila_

"Bayangkan ini adalah hubungan kita, klo perasaanmu dari awal udah ga ada, mw diapa2in juga hasilnya hanya kekosongan" ujar @jgn_follow_gw

"Ini masakan termudah yg gw liat..makasih ya min resep n tutorialnya...jangan lupa siapin omat magh buat pendamping lauk yg dimasak... " pungkas @wi2bukanwi/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bedah 740 Rumah di Kabupaten Tanggamus

Posted: 17 Oct 2019 01:51 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan bedah rumah untuk 740 unit rumah di Kabupaten Tanggamus, Lampung, lewat program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Adapun jumlah bantuan yang dialokasikan Kementerian PUPR untuk setiap rumah yang dibedah adalah Rp 17,5 juta.

"Pada tahun ini kami melakukan bedah rumah melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Tanggamus sebanyak 740 unit rumah," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam sebuah pesan tertulis, Kamis (17/10/2019).

Khalawi menerangkan, program BSPS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong pembangunan rumah yang layak huni bagi masyarakat. Saat ini, program BSPS menjadi salah satu program perumahan yang banyak diminati oleh pemerintah daerah guna mengurangi rumah tidak layak huni di daerahnya.

"Rumah yang layak huni harus memenuhi beberapa kriteria yakni keselamatan bangunan, kesehatan dan kecukupan luas. Jenis bantuan yang kami berikan adalah peningkatan kualitas dan pembangunan rumah baru. Kami ingin Program BSPS ini bisa membantu MBR tinggal di rumah yang layak huni," terangnya.

Lokasi penyaluran BSPS di Kabupaten Tanggamus tersebar di empat kecamatan, yakni Pucung (350 unit), Sumberrejo (250 unit), Kota Agung Barat (80 unit) dan Kota Agung (60 unit). Pembangunannya dilaksanakan SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung sebanyak 600 unit dan 140 unit dilaksanakan oleh Satker Perumahan Swadaya pusat.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Pembangunan Rumah Swadaya

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah menjadi salah satu primadona bagi Pemda untuk meningkatkan kualitas RTLH masyarakat di daerah.

Sebagai informasi, pemenuhan hunian di Indonesia berdasarkan fakta yang ada terbagi menjadi empat jenis. Antara lain membangun sendiri rumah atau swadaya, membeli rumah bukan dari pengembang, membeli rumah dari pengembang dan lainnya seperti rumah warisan orang tua maupun hibah.

Dari keempat jenis pemenuhan rumah yang ada di Indonesia, ternyata sekitar 70 persen coba membangun rumah secara swadaya.

Rumah swadaya berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dimaknai sebagai rumah yang dibangun atas prakarsa dan upaya masyarakat. Sedangkan BSPS merupakan bantuan dari pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mendorong dan meningkatkan kesawadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru rumah beserta prasarana, sarana dan utilitasnya (PSU).

Khalawi menambahkan, beberapa prinsip pelaksanaan BSPS antara lain seperti mendorong masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan rumahnya sendiri. Hal itu dapat dilaksanakan dengan cara masyarakat didampingi dengan tenaga fasilitator lapangan (TFL) membentu kelompok dan bergotong royong dalam proses pembangunan rumahnya.

"Besaran bantuan yang diberikan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 158/KPTS/M/2019 Tentang besaran Nilaidan Lokasi BSPS Tahun Anggaran 2019 untuk pembangunan rumah baru adalah Rp 35 juta. Sedangkan untuk peningkatan kualitas rumah sebesar Rp 17,5 juta. Jumlah bantuan tersebut merupakan dana untuk bahan bangunan dan upah kerja tukang," tuturnya.

Dana BSPS disalurkan Kementerian PUPR melalui bank penyalur dana dan diterima oleh masyarakat dalam bentuk bahan bangunan. Tahun ini, targetnya sekitar 181 ribu rumah yang akan dibantu pemerintah melalui Program BSPS dan lokasinya tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Kami ingin agar BSPS ini bisa mendorong sikap gotong royong warga sehingga terwujud rumah yang layak, tepat sasaran, tepat prosedur, tepat waktu dan tepat pemanfaatan dan akuntabel. Masyarakat yang memperoleh BSPS ini tidak dipungut biaya sama sekali," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: Saya Harap Menteri Jokowi Orang yang Berkeringat Kemarin

Posted: 17 Oct 2019 01:50 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyusunan Kabinet Kerja Jilid II telah rampung. Presiden Joko Widodo akan mengumumkan nama-nama menteri usai pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019.

Mantan Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir berharap menteri yang mengisi kursi Kabinet Kerja jilid II pernah berkontribusi memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Saya selalu bilang siapa pun yang terpilih saya berharap orang-orang yang berkeringat kemarin," ujarnya di Gedung Sekretariat Kabinet, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Tak hanya itu, Erick menginginkan sosok menteri memiliki rekam jejak yang baik. Terutama mempunyai pengalaman di bidang ekonomi.

"Karena sekarang eranya sedang perang ekonomi," ucap dia.

Erick membantah mendapat tawaran kursi menteri di Kabinet Kerja Jilid II. Dia menegaskan, sejauh ini tidak ada komunikasi soal kursi menteri dengan Jokowi-Ma'ruf Amin.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

KSP Dibubarkan

Soal hasil survei yang menyebutkan dirinya termasuk kandidat terkuat yang bisa menduduki posisi Kepala Staf Kepresidenan, Erick menanggapi santai.

"Kemarin kan dari statement Pak Moeldoko, rencana KSP dibubarkan. Jadi kalau dibubarkan, salah," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turki Siapkan Serangan Balas Dendam untuk AS

Posted: 17 Oct 2019 01:46 AM PDT

Liputan6.com, Ankara - Kementerian luar negeri Turki sedang mempersiapkan sanksi pembalasan terhadap Amerika Serikat. Langkah itu diambil setelah Presiden AS Donald Trump menjatuhkan sanksi terhadap Ankara atas tindakan ofensifnya di Suriah bagian timur laut, kata juru bicara kepresidenan Ibrahim Kalin.

Dilansir dari Strait Times, Kamis (17/10/2019), pada Senin 14  Oktober pihak AS mengumumkan sanksi untuk menghukum Turki karena tindakan ofensifnya terhadap milisi YPG Kurdi Suriah.

Tetapi para kritikus Trump mengatakan langkah-langkah yang diambil, terutama kenaikan tarif baja dan jeda dalam pembicaraan perdagangan, terlalu lemah dan tidak efektif.

Setelah pertemuan kabinet di Ankara, Kalin juga mengatakan bahwa para pejabat AS jelas menyatakan bahwa Turki tidak akan mengumumkan adanya gencatan senjata di Suriah bagian utara dan mereka tidak akan bernegosiasi dengan para pejuang militan Kurdi.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Pandangan Trump

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Presiden Donald Trump mengatakan bahwa serangan Turki ke Suriah "bukanlah kapasitas kami", dan menyebut bekas sekutu AS, Kurdi "bukan malaikat".

AS menghadapi kritikan keras karena menarik pasukannya dari Suriah, dimana beberapa orang mengatakan bahwa keputusan tersebut sama saja dengn memberi lampu hijau bagi Turki untuk melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap pasukan pimpinan Kurdi.

Trump mengatakan kepada salah seorang wartawan di Gedung Putih bahwa AS "bukanlah agen kepolisian".

"Sudah saatnya kita pulang," katanya.

Dewan Perwakilan Rakyat AS memberikan suara besar untuk menolak keputusan penarikan pasukan AS dari Suriah oleh presiden, dengan Demokrat dan sesama Republik Trump yang menyetujui langkah tersebut.

Ketua DPR Nancy Pelosi kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa Trump mengalami "kehancuran" selama pertemuan dengan para pemimpin kongres tentang Suriah, yang akhirnya ditinggalkan oleh politisi Demokrat setelah presiden diduga memanggilnya "politisi kelas tiga," menurut Senator Chuck Schumer.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Negara Ini, Pakai Toilet Lebih dari 15 Menit Bakal Kena Semprit

Posted: 17 Oct 2019 01:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah aktivitas buang air. Maka dari itu kebutuhan akan toilet pun menjadi sangat penting. Toilet umum pun selalu tersedia dalam setiap fasilitas umum, seperti mall, minimarket, stasiun hingga terminal.

Toilet umum pada umumnya memiliki seorang penjaga atau orang yang bekerja membersihkannya. Orang inilah yang biasanya menjaga agar toilet di tempat umum ini selalu bersih. Namun dengan kecerdasan Artificial Intelligence (AI), pekerjaan penjaga toilet ini pun akan merasa terbantu. Karena ia bisa memantau toilet mana saja yang baru saja digunakan dan dapat memberi laporan kepada penjaga.

Menurut AsiaOne, toilet umum ini dibangun di kota Shanghai. Tiongkok telah membangun sekitar 150 toilet umum yang dibekali AI. Teknologi AI yang sudah umum digunakan di Tiongkok untuk segala aspek kehidupan seperti mengatur lalu lintas dan tong sampah. Kini digunakan di sebuah toilet umum.

Namun meski toilet ini pintar, jangan gunakan toilet ini berlama-lama. Karena bila lebih dari 15 menit, toilet ini akan memberi peringatan dan akan didatangi oleh penjaga toilet.

Berikut ulasan mengenai pakai toilet lebih dari 15 menit bakal kena semprit yang Liputan6.com lansir dari AsiaOne, Kamis (17/10/2019)

Toilet pintar dengan teknologi AI di Shanghai, Tiongkok

Toilet pintar dengan teknologi AI (Sumber: Twitter/ShanghaiEye)

Sebagai negara maju, Tiongkok memang sedang besar-besaran mengembangkan teknologi AI. Teknologi ini hampir digunakan dalam segala aspek kehidupan. Yaitu dalam fasilitas umum, seperti untuk mengatur lampu lalu lintas, tong sampah, hingga untuk pengenalan wajah masyarakat.

Kini teknologi AI ini digunakan pada sebuah toilet. Di Shanghai, 150 toilet umum yang menggunakan teknologi AI telah dibangun. Toilet ini memiliki sensor tubuh manusia yang menggunakan sinar infra merah dan ultrasonik untuk mendeteksi orang di dalamnya.

Selain itu, toilet ini pun dapat memantau kualitas udara di dalam bilik dan memiliki fitur hemat air yang akan menyesuaikan penggunaannya.

 

Memakai lebih dari 15 menit akan disemprit dan didatangi petugas

Ilustrasi Gunakan Gadget saat di Toilet (Foto: Pixabay)

Toilet pintar memiliki fitur yang unik, yaitu akan memberikan waktu 15 menit untuk setiap penggunaan toilet. Apabila lebih dari 15 menit, toilet ini akan memberikan peringatan kepada penjaga yang akan datang memeriksamu saat memakai toilet.

Batas waktu 15 menit ini pun dinilai tidak masalah bagi seorang warga, namun tidak bagi orang yang suka membaca novel di dalam kamar mandi.

"Saya pikir tidak masalah dengan saya, tetapi mungkin bukan ide yang baik untuk membaca novel di dalam toilet," Frank Lin, warga asli Shanghai berusia 22 tahun, mengutip dari AsiaOne.

Diawali dengan Shanghai yang telah membangun 150 toilet pintar, kini kota lain pun mengusulkan untuk pembangunan toilet ini. Seperti Beijing, Shenzhen dan Guangzhou yang akan membangun toilet pintar. Menurut sebuah Institut Penelitian Industri Qianzhan, pada awal tahun ini saja sudah ada 700 kota di Tiongkok untuk membangun fasilitas toilet tersebut.

Namun tidak semua orang bisa dengan mudah menerima inovasi terbaru tersebut.

"Karena aku masih kecil, aku terbiasa menghabiskan setengah jam di toilet, ini berarti pekerja toilet memeriksa aku dua kali, ini membuatku gugup." mengutip dari AsiaOne.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PPP: Sorry Ya, Kalau Fadli Zon Jadi Menteri Jokowi Bingung Juga Saya

Posted: 17 Oct 2019 01:43 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon belakangan muncul menjadi salah satu kandidat yang akan disodorkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kepada Presiden Joko Widodo untuk menjadi menteri.

Menanggapi hal tersebut, Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengaku tidak setuju bila Fadli Zon menjadi bagian kabinet Jokowi-Maruf.

"Saya sorry ya kalau Fadli Zon jadi menteri itu saya bingung juga," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (17/10/2019).

Arsul melihat rekam jejak Fadli Zon yang selalu mengkritik tajam Jokowi dan pemerintahannya. Ia menilai kritik dan serangan Fadli lebih banyak mengarah kepada personal Jokowi dibandingkan kebijakan.

"Ya karena kritiknya dia kan terhadap Pak Jokowi bukan hanya soal kebijakan tapi personal gitu loh kan masalah kan personalnya," ungkap Arsul.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria membantah bila Gerindra telah menyodorkan nama-nama kader untuk menjadi menteri pada pemerintahan Jokowi, termasuk nama Fadli Zon.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Fadli Zon Kini Jarang Tampil

Fadli Zon (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Gerindra tidak pada posisi menyiapkan posisi dan nama-nama, kami hormati itu sebagai hak prerogatif presiden," kata Riza.

Terkait jarangnya kemunculan Fadli Zon akhir-akhir ini, baik di DPR maupun acara Gerindra, Riza berdalih Fadli Zon merupakan salah satu kader terbaik Partai Gerindra yang kerap mengisi materi di berbagai daerah bahkan luar negeri.

"Karena Pak Fadli salah satu kader terbaik Gerindra ya," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Sikap Jokowi dan TNI-Polri soal Demo Jelang Pelantikan Presiden

Posted: 17 Oct 2019 01:39 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hanya tinggal menghitung hari. Joko Widodo atau Jokowi akan kembali dilantik menjadi Presiden dan kali ini, Wakil Presiden adalah Ma'ruf Amin.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 itu akan berlangsung di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu, 20 Oktober mendatang.

Kabarnya, saat pelantikan nanti akan ada demonstrasi dari sejumlah mahasiswa. Akan tetapi, aparat kepolisian dan TNI melarang demo dilakukan saat pelantikan.

Pangdam Jaya sebagai pimpinan sektor keamanan pelantikan dan akan berlaku Protap Waskita (pengamanan presiden) akan dibantu oleh Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.

Namun berbeda dari polisi dan TNI, Jokowi malah tak melarang adanya demonstrasi saat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berlangsung. Berikut ulasannya:

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Pangdam Jaya Larang Demo

Mayjen TNI Joni Supriyanto (kanan) menyerahkan nota jabatan kepada Pangdam Jaya/Jayakarta yang baru, Mayjen TNI Eko Margiyono saat Apel Bersama Sertijab Pangdam Jaya/Jayakarta di Makodam Jaya, Jakarta, Kamis (31/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mulai 15 Oktober 2019 hingga pelantikan presiden pada 20 Oktober 2019 nanti, pemberitahuan demo mahasiswa atau pun masyarakat tidak akan diproses. Larangan demo akan berlaku untuk sekitar Gedung MPR/DPR di Senayan, Jakarta.

"Sesuai dengan instruksi kepada pihak Kapolda dan Kodam Jaya untuk tanggal 20 Oktober, pemberitahuan adanya unjuk rasa tidak akan diproses. Sehingga kalaupun ada unjuk rasa itu bahasanya tidak resmi atau ilegal. Karena itu kita sudah menyiapkan parameter di sekitar DRP/MPR," kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono di Kompleks Parlemen, Senayan pada Senin, 14 Oktober 2019.

Pangdam Jaya sebagai pimpinan sektor keamanan pelantikan dan akan berlaku Protap Waskita (pengamanan presiden) akan dibantu oleh Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.

Dia mengimbau agar rangkaian acara pelantikan presiden dapat dijalankan secara khidmat tanpa adanya demo di sekitar Kompleks Parlemen.

 

Jokowi Tak Larang Demo

Pasangan Presiden dan Wapres terpilih, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin berbincang pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak melarang aksi demonstrasi saat pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.

Jokowi mengatakan, unjuk rasa dijamin oleh konstitusi.

"Namanya demo dijamin konstitusi. Ndak ada (perintah untuk melarang demo)," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.

 

Polisi Tetap Larang Demo

Polisi foto bersama saat menjaga akses jalan menuju Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). Hingga sore hari, polisi masih menutup jalan dikarenakan isu adanya demo mahasiswa yang akan berlangsung hari ini. (Liputan6.com/JohanTallo)

Meski Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan izin demonstrasi saat pelantikan, polisi tetap tak akan mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) demo.

Polisi beralasan ingin menjaga harkat martabat Indonesia di mata para tamu dari negara asing yang akan menyaksikan acara pelantikan itu.

"Dengan adanya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang dihadiri oleh pimpinan negara asing dan untuk menjaga harkat dan martabat negara Indonesia, maka Polda Metro menggunakan kewenangan diskresi kepolisian untuk tidak menerbitkan STTP unras sesuai dengan Pasal 6 UU nomor 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya.

Demo Dibolehkan Usai 20 OktoberKapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengatakan, larangan unjuk rasa adalah diskresi khusus polisi pada 15-20 Oktober saja. Setelah 20 Oktober, maka unjuk rasa di DPR kembali bisa dilaksanakan.

"Setelah tanggal 20 kan aspirasi seseorang boleh disampaikan seperti itu ya. Ini sampai tanggal 20 kita bicaranya, ini diskresi kita. Diskresi kepolisian," ucap Gatot Eddy.

 

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab dan Gejala Hipersomnia, Penyakit Tidur Berlebihan

Posted: 17 Oct 2019 01:35 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hipersomnia adalah gangguan tidur yang mungkin jarang terdengar dan memang cukup jarang terjadi. Hipersomnia mengakibatkan penderitanya mengalami kantuk yang berlebihan pada siang hari atau menghabiskan waktu terlalu lama untuk tertidur.

Kondisi ini juga sering kali menyebabkan kesulitan untuk bangun pada pagi hari setelah tidur pada malam hari atau tidur siang. Penderita penyakit ini bisa mengalami berbagai hal yang berbahaya, karena kebutuhan untuk tidur dapat terjadi kapan saja, termasuk pada saat mengemudikan kendaraan atau bekerja.

Penyebab dan gejala hipersomnia harus dikenali agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, penderita penyakit ini juga bisa mengalami penurunan fungsi kognitif yang signifikan akibat rasa mengantuk. Hipersomnia dapat berkembang selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/10/2019) tentang penyebab dan gejala hipersomnia.

Penyebab Hipersomnia

Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Hipersomnia tentunya akan sangat berbahaya bila tidak segera dikenali. Bisa saja penyakit ini membuat kamu mengantuk saat sedang berkendara, yang tentunya akan fatal bagi keselamatan kamu maupun orang lain.

Oleh karena itu, kamu wajib untuk mengetahui penyebab hipersomnia agar bisa menghindarinya dan kesehatan tetap terjaga. Berikut beberapa penyebab hipersomnia yang perlu kamu ketahui:

- Faktor genetik

- Memiliki berat badan berlebih

- Penggunaan obat-obatan terlarang atau alkohol

- Tidak mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari (deprivasi tidur)

- Cedera kepala atau terdapatnya penyakit neurologis, seperti sklerosis ganda

- Gangguan tidur seperti narkolepsi (rasa kantuk pada siang hari) dan sleep apnea (interupsi dari pernapasan selama tidur)

Gejala Hipersomnia

Gejala Hipersomnia / Sumber: iStockphoto

Selain mencegah penyebab terjadinya hipersomnia, kamu juga bisa mengenali gejala yang ditunjukkan saat tubuh mengalami hipersomnia ini. Jika kamu sering mengalami tanda dan gejala hipersomnia ini, sebaiknya kamu melakukan pencegahan dan mengatasinya dengan mengatur pola hidup dengan baik.

Berikut beberapa tanda dan gejala hipersomnia yang bisa dikenali:

- Tetap tidur selama waktu yang lama pada malam hari

- Sering tertidur pada siang hari dan tidak merasa segar setelahnya

- Tertidur secara tiba-tiba, sering kali pada saat makan atau berbicara

Menangani Hipersomnia

Menangani Hipersomnia (iStockphoto)

Penanganan terhadap hipersomnia ditujukan untuk meredakan tanda dan gejala yang timbul, dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter ahli. Pengobatan stimulan tertentu dapat diresepkan oleh dokter untuk membantu tubuh tetap terjaga pada siang hari bila dinilai dibutuhkan.

Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan untuk membuat pola tidur malam yang rutin dan menghindari alkohol, kafein, serta obat-obatan tertentu yang dapat memengaruhi pola tidur. Oleh karena itu, diperlukan pola hidup sehat dengan pengaturan istirahat yang cukup agar terhindar dari hipersomnia ini.

Cara Mencegah Hipersomnia

Hipersomnia./Copyright pexels.com/@vanyaoboleninov

Cara mencegah hipersomnia sebenarnya belum terbukti secara efektif sepenuhnya karena penyebab dari hipersomnia sendiri belum diketahui secara pasti.

Namun, beberapa cara tertentu yang diyakini dapat membantu menurunkan rasa kantuk di siang hari. Misalnya dengan membuat agenda tidur, memastikan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, dan memastikan lingkungan tidur adalah tempat yang gelap, sunyi, dan sejuk.

Jika kamu menjalankan pola hidup sehat, seperti memperhatikan betul pola tidur dan istirahat yang teratur, maka tentunya penyakit tidak akan mudah menyerang tubuhmu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPP: Kalau Masuk Pemerintahan, Jangan Berlaku Seperti Oposisi

Posted: 17 Oct 2019 01:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani mengungkapkan bahwa partainya tidak masalah jika presiden terpilih Jokowi membangun koalisi besar dengan mengajak Demokrat, Gerindra dan PAN ke koalisi. Bagi PPP, jika ada partai lain yang bergabung tidak boleh bersifat seperti oposisi.

"Kenapa harus dipermasalahkan? PPP itu cuma memberikan underline saja bahwa kalau masuk dalam pemerintahan jangan berlaku sebagai oposisi, itu aja," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Arsul menjelaskan, bergabungnya partai lain ke koalisi Jokowi adalah hak prerogatif presiden. Karena itu, PPP tidak mempemasalahkan partai manapun yang ingin bergabung koalisi.

"Kalau hak prerogatifnya, menurut sistem ketatanegaraan kita ada di tangan presiden, kok masa partai politik mempermasalahkannya. Kan tidak seperti itu," ungkapnya.

Menurut Arsul, tugas parpol pendukung sudah selesai ketika berhasil memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2019. Selanjutnya mengenai koalisi, Arsul menyerahkan sepenuhnya kepada mantan Wali Kota Solo itu.

"Selebihnya itu kan hal-hal yang sifatnya politis saja bahwa dalam politik mengusung itu kemudian ada reward-nya, itu iya. Tapi kemudian kan tidak bisa menurut saya reward itu termasuk membatasi hak seorang presiden," ucap Arsul.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Pro Kontra

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Dalam pertemuan tersebut mereka membahas permasalahan bangsa dan koalisi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengakui adanya pro dan kontra dalam internal partai terkait apakah harus bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin atau tetap menjadi oposisi.

"Ya tentu ada dinamika ya, pendukung-pendukung kami ada yang pro, ada yang kontra, ada yang ingin di dalam (pemerintah) ada ingin di luar," ujar Ahmad Riza dalam diskusi di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu 12 Oktober 2019.

Menurut dia, pro-kontra tersebut adalah hal yang wajar. Apalagi, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terlihat kian akrab dengan Jokowi. Bahkan, mereka baru saja bertemu di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat kemarin.

"Semuanya kita sikapi dengan bijaksana, kami Partai Gerindra memahami dan mengerti keinginan-keinginan yang ingin di dalam dan keinginan yang ada di luar," ujar Ahmad Riza.

Dia mengatakan, menjadi koalisi atau pun oposisi tergantung keputusan dari Jokowi-Maruf Amin. Menurutnya, Partai Gerindra sudah menyatakan kepada Jokowi siap bersama membangun bangsa Indonesia.

"Ya terkait posisi Gerindra sepenuhnya diserahkan pada Pak Jokowi, terkait Kabinet itu merupakan hak prerogatif dari presiden dan wakil presiden terpilih ya," jelas Ahmad Riza.

Dia mengatakan, jika nantinya Jokowi memutuskan memberi kursi menteri kepada Gerindra, maka akan diambil. Namun jika tidak, menurutnya Gerindra akan tetap komitmen membangun bangsa Indonesia.

"Kami tidak menyodorkan nama, tidak pernah meminta-minta posisi jabatan apa pun di pemerintahan, karena bagi Pak Prabowo, bagi Partai Gerindra, bagi kami yang penting adalah memberikan sumbangsih, kontribusi yang baik bagi bangsa dan negara," kata dia.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga Akhir Pekan Ini: Duo Raksasa Melawat ke Markas Lawan

Posted: 17 Oct 2019 01:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - La Liga 2019/2020 kembali bergulir akhir pekan ini setelah jeda kalender internasional. Tim raksasa melanjutkan persaingan untuk bertahan di papan atas.

Pimpinan klasemen sementara Real Madrid mendapat tugas sulit dengan melawat ke markas Real Mallorca, Sabtu (19/10/2019) atau Minggu dini hari WIB.

Belum terkalahkan, pasukan Zinedine Zidane saat ini bertengger di pucuk tabel La Liga dengan koleksi 18 angka dari delapan pertandingan. Los Blancos membutuhkan kemenangan karena juara bertahan sekaligus rival abadi mengintip peluang menyalip.

Hanya tertinggal dua angka, Barcelona bakal bertanding terlebih dahulu dengan meladeni tuan rumah Eibar. Artinya, El Azulgrana bisa menguasai urutan teratas saat Real Madrid memulai pertandingan melawan Real Mallorca.

Ketika dua tim teratas melakoni laga tandang, peringkat tiga Atletico Madrid siap memanfaatkan penampilan di markas sendiri ketika menjamu Valencia. Anak asuh Diego Simeone bakal coba kembali ke jalur kemenangan setelah bermain imbang di dua partai terakhir La Liga.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jadwal Pekan Ini

Eibar vs Barcelona musim lalu. (AP Photo/Ion Alcoba)

Sabtu, 19 Oktober 2019

02.00 WIB: Granada vs Osasuna

18.00 WIB: Eibar vs Barcelona

21.00 WIB: Atletico Madrid vs Valencia

23.30 WIB: Getafe vs Leganes

Minggu, 20 Oktober 2019

02.00 WIB: Real Mallorca vs Real Madrid

17.00 WIB: Alaves vs Celta Vigo

19.00 WIB: Real Sociedad vs Real Betis

21.00 WIB: Espanyol vs Villarreal

23.30 WIB: Athletic Bilbao vs Real Valladolid

Senin, 21 Oktober 2019

02.00 WIB: Sevilla vs Levante

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Under Armour Garap Baju Luar Angkasa untuk Virgin Galactic

Posted: 17 Oct 2019 01:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Under Armour, merek pakaian populer di kalangan pecinta olahraga, dilaporkan mulai meluaskan portofolio produknya. Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal Amerika Serikat itu mengembangkan pakaian untuk pergi ke luar angkasa.

Dikutip dari Engadget, Kamis (17/10/2019), Under Armour membuat pakaian untuk Virgin Galactic. Untuk diketahui, Virgin Galactic memang berencana untuk melakukan penerbangan ke luar angkasa.

Pakaian luar angkasa ini terdiri dari bagian luar dan dalam. Untuk bagian dalam, Under Armour mendesain pakaian yang berfungsi selayaknya kulit kedua.

Jadi, pakaian ini dilengkapi teknologi UA Rush yang meningkatkan kinerja dan aliran darah pengguna saat penerbangan ke luar angkasa. Pakaian ini dibuat dengan bahan Intellknit untuk menjaga kelembapan pengguna.

Sementara bagian kedua merupakan pakaian luar angkasa yang dirancang untuk mengoptimalkan mobilitas dan kenyamanan pengguna. Hal itu dapat dilihat dari bantalan yang disertakan untuk melindungi siku dan lutut.

Tidak hanya itu, pakaian ini juga dapat mengontrol suhu dan kelembapan penggunanya, mengingat ada kemungkinan perubahan suhu yang beragam saat berada di luar angkasa. Pakaian ini juga didukung dengan solusi komunikasi terintegasi.

Under Armour menuturkan pakaian ini sudah diuji coba pada tim Virgin Galactics, mulai dari pilot, insinyur penerbangan, petugas medis, instruktur astronot, termasuk penumpang yang akan melakukan penerbangan ke luar angkasa.

Selain itu, Under Armour juga mengembangkan sebuah sepatu bot untuk mendukung penerbangan ke luar angkasa. Hingga sekarang, belum dapat dipastikan kapan pakaian ini mulai diproduksi massal, mengingat Virgin Galactic masih menyiapkan rencana penerbangannya. 

Virgin Galactic Berhasil Bawa 3 Turis ke Luar Angkasa

Foto: dok. Virgin Galactic

Seperti diwartakan sebelumnya, Virgin Galactic berencana untuk mengirim turis bertamasya di luar angkasa.

Kini, anak usaha dari maskapai penerbangan asal Amerika Serikat (AS) tersebut berhasil mengirimkan tiga turis untuk merasakan sensasi berlibur di ruang hampa udara.

Menurut informasi yang dilansir Mirror, Selasa (26/2/2019), ada tiga orang yang dibawa, termasuk pilot Chief Instructor Virgin Galactic Beth Moses, yang juga menjadi pilot wanita pertama di Virgin Galactic.

Pesawat luar angkasa bernama VSS Unity tersebut sebetulnya sudah diuji coba untuk terbang ke luar angkasa.

Pada Desember 2018, pesawat tersebut mampu terbang dalam jarak 51,4 mil dari Bumi.

Dan penerbangan kali ini merupakan penerbangan pertama VSS Unity yang berhasil membawa tiga penumpang, dan kelima kalinya pesawat tersebut telah mencoba terbang menembus atmosfer luar angkasa.

Pesawat ini dirancang Virgin Galactic untuk menampung penumpang ke luar angkasa hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Sebelumnya, program liburan ke luar angkasa tersebut telah menampung 700 calon penumpang dengan tiket seharga US$ 250 ribu atau setara dengan Rp 3,5 miliar.

Virgin Galactic Bakal Kirim Turis Tamasya ke Luar Angkasa

Virgin Galactic, pesawat komersial luar angkasa pertama di dunia. (Foto: Mashable)

Tamasya ke luar angkasa sepertinya bukan lagi jadi hal baru. Masih sedikit perusahaan yang menggelar program ini, Virgin Galactic bisa dibilang salah satunya.

Terbaru, anak usaha dari perusahaan maskapai penerbangan asal Negeri Paman Sam tersebut akan mengadakan program liburan ke luar angkasanya untuk pertama kali di tahun ini.

Mereka memilih Italia sebagai negara pertama yang bisa menjajal program liburan mewah ini.

Dilansir The Verge via Popular Mechanics, Senin (9/7/2018), Virgin Galactics telah bekerjasama dengan dua bandara antariksa di Italia untuk menerbangkan pesawatnya ke ruang hampa udara.

Nantinya, para pelancong yang menggunakan jasa perusahaan bisa merasakan sensasi terbang di antariksa.

Tak cuma itu, Virgin Galactics juga bermitra dengan anak usaha Badan Antariksa Italia, Altec, dan perusahaan antariksa swasta Italia Sitael untuk menyediakan armada penerbangan ke luar angkasa.

Pendiri Virgin Group Richard Branson mengungkap alasan perusahaan memilih Italia sebagai negara pertama yang merasakan liburan ke luar angkasa.

"Italia telah menjadi 'rumah' bagi inovator terkemuka dan menjadi saksi bisu penemuan hebat yang membentuk pengalaman manusia yang lebih baik. Saya pikir Italia memiliki visi yang sama dengan kami sehingga kami memutuskan Italia menjadi tempat lepas landas pesawat komersil ke luar angkasa," ujar Branson.

Untuk diketahui, Virgin Galactics kini memiliki satu pesawat luar angkasa bernama VSS Unity.

Pesawat itu juga telah melakukan uji penerbangan, tetapi belum pernah terbang ke luar angkasa sama sekali.

Pesawat ini dirancang untuk menampung penumpang ke luar angkasa hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Sampai saat ini, program liburan ke luar angkasa tersebut telah menampung 700 calon penumpang dengan tiket seharga US$ 250 ribu atau setara dengan Rp 3,5 miliar.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tangkap Suami Pembakar Istri di Surabaya

Posted: 17 Oct 2019 01:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah sempat buron usai membakar hidup-hidup istrinya. Polisi akhinya menangkap suami pelaku di Jawa Tengah. Saat ini Polda Jatim masih memeriksa pelaku guna mengetahui motif perbuatannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai Dibicarakan Warganet karena Adegan dengan Zack Lee, Ini Perjalanan Karier Alexandra Gottardo

Posted: 17 Oct 2019 01:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alexandra Gottardo namanya tengah ramai dibicarakan warganet, terkait aktingnya dengan Zack Lee dalam serial Grisse. Dalam serial tersebut, ada adegan di mana tokoh Harsha yang ia perankan diperkosa oleh karakter Jambu yang dimainkan mantan suami Nafa Urbach tersebut.

Yang menyedot perhatian publik, dalam adegan tersebut Alexandra Gottardo terlihat total dalam aktingnya.

Terlepas dari semua itu, berikut perjalanan karier Alexandra Gottardo hingga saat ini.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

1. Model

Alexandra Gottardo. (Foto: instagram.com/got_alex)

Alexandra Ria Farista Gottardo atau yang lebih dikenal sebagai Alexandra Gottardo lahir di Malang, 9 Januari 1985. Wanita keturuna Italia yang kini menetap di Bali bersama suaminya, Arief Utama Waworuntu, mengawali karier sebagai seorang model.

Ini berawal ketika seorang teman sepupunya menawari untuk casting menjadi model.

2. Sinetron dan FTV

Alexandra Gottardo

Paras cantik Alexandra Gottardo membuat dirinya banyak ditawari bermain sinetron. Sampai akhirnya, wanita 34 tahun itu mengiyakan bermain dalam beberapa sinetron seperti Si Yoyo, Roman Picisan, Anugerah, Sherina dan masih banyak lagi.

Setidaknya ada 26 sinetron dan empat FTV yang pernah dimainkan oleh Alexandra Gottardo.

3. Film

Alexandra Gottardo. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Tak puas hanya bermain dalam sebuah sinetron dan FVT, Alexandra Gottardo menjajal kemampuan aktingnya di film layar lebar. Film Anak-anak Borobudur jadi film pertama yang dibintangi oleh Alexandra Gottardo pada tahun 2007.

Usai film tersebut, tawaran film terus berdatangan kepada Alexandra Gottardo. Sampai akhirnya kini dirinya lebih memilih bermain film ketimbang sinetron. 

4. Penghargaan

Alexandra Gottardo. (Andy Masela/Bintang.com)

Karena aktingya dalam film layar lebar yang ia mainkan, Alexandra Gottardo pernah mendapatkan penghargaan dari insan film Tanah Air. Ia menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbaik di ajang Indonesia Movie Award 2011.

Ia meraih penghargaan ini lewat perannya sebagai Tatiana dalam film Tanah Air Beta. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: