Minggu, 13 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menperin: Kaya Atau Miskin SDA, Sebuah Negara Tetap Harus Utamakan SDM

Posted: 13 Oct 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian menggelar acara bedah buku karya Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto yang berjudul Merajut Asa: Membangun Industri, Menuju Indonesia yang Sejahtera dan Berkelanjutan.

Di sela-sela pidatonya, Menperin Airlangga sedikit bercerita mengenai isi bukunya dan apa yang dia alami selama berkecimpung di dunia industri sejak lama.

Salah satu pesan kuatnya ialah entah itu kaya atau miskinya sumber daya alam suatu negara (SDA), pembangunan sumber daya manusia (SDM) krusial untuk didorong, terutama di era industri 4.0 ini.

"Yang paling penting adalah SDM, baik itu kaya atau miskin SDA," tegas dia di kantornya, Senin (14/10/2019) pagi.

Berlanjut, dia juga bilang, ada undang-undang (UU) yang ia hapus dimana UU tersebut merupakan karya ayahanda sendiri selagi menjabat sebagai menteri perindustrian.

"Kemudian kita bahas UU perdagangan dimana pada waktu kita buat gantikan UU zaman hindia belanda dan memang UU perdagangan jadi bagian dari UU yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Dan UU perindustrian yang baru menghentikan UU yang dibuat oleh ayah saya," ujarnya.

Tak lupa ia bercerita terkait hal-hal dasar di dunia industri seperti apa bedanya pemurnian dengan pengolahan.

"Buku ini penting karena mencatat hal-hal tak tertulis didalam UU itu sendiri sehingga kita perlu ketahui mengapa hilirasi itu penting. Apa beda pemurnian dan pengolahan. Padahal itu berbeda. Pengolahan terkait direct tambang. Sedangkan pemurnian merupakan secondary proses yang sudah masuk di industri," kata dia.

Untuk diketahui, ayah dari Airlangga Hartarto adalah Hartarto Sastrosoenarto yang merupakan Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV dan Kabinet Pembangunan V.

Selain itu, Hartarto Sastrosoenarto juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi pada Kabinet Pembangunan VI dan Menteri Koordinator Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VII.

Faisal Basri Usul Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Digabung

Faisal Basri (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang meramu-ramu siapa saja orang yang akan dipilih untuk mengisi Kabinet Kerja Jilid II. 

Merespon hal ini, Ekonom Faisal Basri meminta Presiden Jokowi untuk kembali menggabungkan kembali Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan sebagai satu lembaga. Hal ini untuk mendukung iklim usaha dan perekonomian Indonesia.

"Saya kok melihat, seolah-olah ada tembok tebal antara kemenperin dan Kemendag. Barangkali sudah saatnya digabung kembali," kata dia, dalam diskusi, di Jakarta, Rabu (17/7/2019). 

Dia pun mengharapkan agar nantinya setelah disatukan, Kementerian tersebut sebaiknya tidak dipimpin oleh tokoh dari partai politik, melainkan dari akademisi

"Siapapun yang memimpin jangan dari partai lah. Sekali-sekali dipegang akademisi lah. Kalau saya boleh sebut nama Chatib Basri paling cocok lah," ujar Faisal Basri.

Senada dengan Faisal Basri, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman mengatakan, digabungnya dua Kementerian tersebut akan berdampak positif bagi dunia usaha. Salah satunya terkait sinkronisasi kebijakan yang dikeluarkan.

"Saya setuju, itu akan mensinkronkan kegiatan industri dan perdagangan. Karena kadang-kadang kebijakan tidak biaa ditentukan arahnya. Jangan sampai ke kanan kiri. Ada hal-hal yang satu kanan satu kiri," ungkapnya.

Meskipun demikian, dia enggan membeberkan sosok apa yang dia nilai layak memimpin Kementerian tersebut nanti.

"Kalau itu saya yang penting kebijakan presiden bisa dilaksanakan oleh Menteri siapapun, politik yang bagus ada, pengusaha jelek juga ada. Kalau pengusaha bisa bagus, silakan. Akademisi silakan, tapi dia harus sinkron hulu hilir atas bawah sana. Kalau sendiri-sendiri yang satu ini yang satu beda. Tidak akan selesai-selesai," tandasnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beras Bulog Melimpah, Mentan: Produksi Padi Tetap Stabil di Musim Kemarau

Posted: 13 Oct 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019), Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman Inspeksi Mendadak (Sidak) ke gudang beras Bulog Sub Divre Kediri. Dalam kunjungannya Mentan menjumpai gudang bulog penuh. Saat ini posisi stok di gudang penyimpanan beras Bulog Kediri mencapai 87.981 ton, dan masih terus bertambah karena masa panen masih berlangsung.

"Kami bersyukur beras sekarang kita stoknya melimpah. Bahkan kemarin kami terima laporan dari Dirut Bulog dan Direktur Pengadaan Bulog bahwa Bulog saat ini sudah menyewa gudang di enam provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur," ungkap Amran.

Amran menegaskan melimpahnya beras di gudang Bulog menunjukkan bahwa produksi padi tetap stabil saat musim kemarau. "Karena yang masuk gudang adalah limpasan atau berlebih," bebernya.

Dengan kondisi stok beras yang berlebih, Amran memastikan pemerintah tidak akan ada impor beras. Jika ada kenaikan harga, maka perlu dicurigai ada pihak yang bermain.

"Hari ini masih ada pengadaan. Itu menandakan bahwa kalaupun musim kemarau produksi tetap bagus dan surplus. Jangan lagi ada berspekulasi bahwa beras kita kurang dan seterusnya. Hari ini kami ingin menyampaikan bahwa beras kita surplus," tandas Amran.

Produktivitas yang tetap tinggi saat musim kemarau, menurut Amran, tidak bisa dilepaskan dari sejumlah program terobosan yang dijalankan selama pemerintahan Jokowi-JK.

"Saat ini, kita bangun pola pikir bahwa tiada hari tanpa tanam, tiada hari tanpa olah, dan tiada hari tanpa panen. Kita transformasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern. Kita juga perbaiki tata kelola air dan juga membangun embung. Jangan kita biarkan air hujan yang jatuh di bumi Indonesia mengalir ke lautan tanpa dimanfaatkan para petani kita," seru Amran.

Kondisi stok beras yang melimpah menunjukkan bahwa Indonesia sudah swasembada beras. Amran menyebutkan, Sebagai perbandingan data, swasembada era 1984, produksi beras Nasional 25,8 juta ton, konsumsi beras nasional 27 juta ton per tahun, dan masih ada impor beras 414.000 ton, untuk konsumsi penduduk 164 juta jiwa. Sementara swasembada 2019, dengan jumlah penduduk Indonesia saat ini 267 juta jiwa dan konsumsi beras secara nasional 32,4 juta ton per tahun, pemerintah mampu produksi beras nasional 34.9 juta ton, dan tidak melakukan impor sepanjang tahun 2019.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Serealia, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementan, Bambang Sugiharto menyebutkan stok beras saat ini mencapai 5,49 juta ton. Diprediksi, stok beras di akhir Desember 2019 masih di atas 5 juta ton.

"Angka 5,49 juta ton itu diperoleh dari stok awal tahun 2019 ditambah dengan perkiraan surplus Januari-November 2019. Sementara di tahun 2018 hanya 3,3 juta ton," ungkap Bambang, di Jakarta.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmikan Palapa Ring, Jokowi: Jangan Dipakai untuk Fitnah dan Hoaks

Posted: 13 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh pihak untuk memanfaatkan Palapa Ring atau Tol Langit dengan sebaik-baiknya.

Jokowi meminta agar perkembangan teknologi digital tak disalahgunakan untuk menyebarkan ujaran kebencian dan fitnah.

"Agar bisa kompetitif, perkembangan teknologi digital tidak boleh disalahgunakan, ujaran kebencian tidak boleh dipakai untuk ini, untuk fitnah ndak (boleh), hoaks ndak, fake news ndak," ujar Jokowi usai meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara Jakarta, Senin (14/10/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa fitnah dan hoaks di media sosial harus dicegah. Begitu juga dengan kejahatan di dunia maya.

"Saling mencela di medsos harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan siber agar tidak semakin berkembang di negara kita," ucap dia.

 

Mengkoneksikan Ratusan Kabupaten

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, menyatakan Palapa Ring akan mulai beroperasi pada akhir 2018 (Foto: Ist)

Jokowi menjelaskan bahwa Palapa Ring ini dapat mengkoneksikan ratusan kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia. Dia pun berpesan agar aparat pemerintah dapat memanfaatkan pengoperasian Palapa Ring ini untuk meningkatkan pelayanan publik.

"Bagi seluruh aparat pemerintah agar memanfaatkan operasinya tol langit ini agar birokrasi yang melayani dan efisien," tutur Jokowi.

Proyek Palapa Ring yang terdiri dari tiga paket yakni paket barat, tengah, dan timur telah rampung sejak Agustus 2019. Peresmian Palapa Ring ini juga ditandai dengan penandatangan prasasti digital oleh Jokowi.

 

Perkuat Pembangunan Infrastruktur

Menkominfo Rudiantara berbicara tentang Palapa Ring di Jakarta, Rabu (20/3/2019). Liputan6.com/ Agustin S. Wardani

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menggambarkan proyek Palapa Ring untuk menghadirkan sinyal telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk akses internet, sebagai "tol langit". Kehadiran tol langit ini akan kian memperkuat pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa proyek Palapa Ring ini bertujuan agar akses internet ada di mana-mana, dan harga jual paketnya tidak berbeda satu sama lain. Selain itu, dengan adanya Palapa Ring, tidak ada lagi daerah perbatasan yang terisolir.

Setelah pembangunan selesai, operator telekomunikasi bisa memanfaatkan layanan Palapa Ring dengan skema tarif yang telah ditetapkan berdasarkan penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth, dan kabel serat optik pasif atau dark fiber.

(Liz/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris Cirebon

Posted: 13 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Densus 88 melakukan penggeledahan terhadap rumah terduga teroris di Cirebon, Jawa Barat. Terduga Y-F disebut terhubung dengan Jemaah Ansharuh Daulah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Keseruan Jebakan yang Tertuker Episode Chika Waode di SCTV

Posted: 13 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program terbaru SCTV berjudul Joker (Jebakan Yang Tertuker). Dalam acara in pembawa acara Lionil Hendrik Tikoalu, menawarkan bantuan bagi para artis mengerjai orang lain, bertubi-tubi sampai target yang disasar jengkel.

Bukan hanya itu saja, tetapi sang target juga kena balasan. Pada episode beberapa waktu lalu giliran komedian, Chika Waode yang tampil. 

Ia akan menjebak sepupunya sendiri yaitu Citra. Menurut Chika Waode, Chika ingin menjebak Citra lantaran kesal dengan sepupunya yang tidak pernah serius dalam bekerja. 

Bagaimana reaksi Chika Waode dan Citra ketika masuk dalam jebakan tim joker? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis-jenis Wayang yang Paling Populer, Kekayaan Budaya Indonesia

Posted: 13 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis wayang perlu dipahami oleh setiap orang Indonesia. Apalagi sebagai salah satu budaya Indonesia yang sudah sangat terkenal, tentunya kamu juga harus menjaga eksistensi pewayangan baik dengan cara terlibat langsung maupun secara tidak langsung. 

Wayang merupakan seni pertunjukan yang telah ditetapkan UNESCO sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Jenis-jenis wayang bisa dibagi berdasarkan bentuk wayangnya. Selain wayang yang terbuat dari kulit yang sudah terkenal, bahkan ada juga wayang orang yang menggunakan manusia sebagai tokoh pewayangan. Walaupun kebanyakan dan terkenal di Pulau Jawa, wayang juga ada di sumatera atau melayu, hingga dari Bali dan Nusa Tenggara.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/10/2019) tentang jenis-jenis wayang

Wayang Kulit

Wayang Kulit (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Jenis-jenis wayang yang pertama adalah wayang kulit. Tentunya kamu sudah mengenali wayang kulit ini, yang juga merupakan jenis-jenis wayang yang paling terkenal. Wayang kulit sangat populer dan sering ditampilkan terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Wayang ini berbentuk pipih dan terbuat dari kulit kerbau atau kambing. Lengan dan kakinya bisa digerakkan. Di Bali dan Jawa, pertunjukan wayang kulit sering kali menggabungkan cerita-cerita Hindu dengan Budha dan Islam. Selain kisah-kisah religius, cerita-cerita rakyat serta mitos sering digunakan.

Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir.

Untuk dapat memahami cerita wayang (lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar. Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan).

Wayang Golek

Wayang Golek (Liputan6.com/ Gempur M Surya)

Wayang golek adalah salah satu dari jenis-jenis wayang yang terbuat dari bahan kayu yang merupakan hasil perkembangan wayang kulit dari keterbatasan waktu supaya dapat ditampilkan pada siang atau malam hari.

Pertunjukan ini dilakukan menggunakan wayang tiga dimensi yang terbuat dari kayu. Jenis-jenis wayang ini populer di Jawa Barat. Ada 2 macam wayang golek, yaitu wayang golek papak cepak dan wayang golek purwa.

Wayang golek yang banyak dikenal orang adalah wayang golek purwa. Kisah-kisah yang digunakan sering mengacu pada tradisi Jawa dan Islam, seperti kisah Pangeran Panji, Darmawulan, dan Amir Hamzah, pamannya Nabi Muhammad a.s.

Wayang Orang atau Wayang Wong

Wayang Wong (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Jenis-jenis wayang ini adalah sebuah drama tari yang menggunakan manusia untuk memerankan tokoh-tokoh yang didasarkan pada kisah-kisah wayang tradisional. Pertunjukan wayang wong dipentaskan langsung oleh orang atau manusia dengan busana seperti wayang.

Cerita yang sering digunakan adalah Smaradahana. Awalnya, wayang wong dipertunjukkan sebagai hiburan para bangsawan, namun kini menyebar menjadi bentuk kesenian populer. Dalam pertunjukan Wayang Orang, fungsi dalang yang merupakan sutradara tidak seluas seperti Wayang Kulit, dalang hanya bertindak sebagai perpindahan adegan.

Wayang Beber

Jenis-jenis wayang selanjutnya adalah Wayang Beber. Wayang beber adalah wayang berbentuk lembaran-lembaran (beberan) yang terbuat dari kain atau kulit lembu, dan dibentuk menjadi tokoh-tokoh wayang.

Tiap beberan merupakan satu adegan cerita. Jika tidak dimainkan, wayang bisa digulung. Wayang ini dibuat pada zaman kerajaan Majapahit. Namun, konon para Wali Songo memodifikasi wayang ini yang digunakan untuk menyebarkan agama islam dengan diubah menjadi wayang kulit, hal ini dikarenakan dalam ajaran islam mengharamkan bentuk gambar dan patung.

Wayang Klitik

Jenis-jenis wayang berikutnya adalah Wayang Klitik. Bentuk wayang ini mirip dengan wayang kulit, namun terbuat dari kayu, bukan kulit. Pertunjukan wayang klitik ini juga menggunakan bayangan dalam pertunjukannya.

Kata "klitik" berasal dari suara kayu yang bersentuhan di saat wayang digerakkan atau saat adegan perkelahian, misalnya. Kisah-kisah yang digunakan dalam drama wayang ini berasal dari kerajaan-kerajaan Jawa Timur, seperti Kerajaan Jenggala, Kediri, hingga Majapahit. Cerita yang paling populer adalah tentang Damarwulan. Cerita ini dipenuhi dengan kisah perseturan asmara dan sangat digemari oleh publik.

Wayang Suket

Wayang Suket (dok.Liputan6.com/Istimewa)

Wayang suket merupakan jenis-jenis wayang yang tidak kalah terkenal. Walaupun bentuknya sederhana dan biasanya hanya digunakan sebagai alat permainan atau penyampaian cerita perwayangan pada anak-anak di desa-desa Jawa.

Wayang suket ini terbuat dari rumput yang dililikan sedemikian rupa, sehingga terbentuk menjadi mirip tokoh wayang kulit. Untuk membuatnya, beberapa helai daun rerumputan dijalin lalu dirangkai (dengan melipat) membentuk figur serupa wayang kulit. Karena bahannya rumput, wayang suket ini biasanya tidak bertahan lama.

Jadi itulah beberapa jenis-jenis wayang yang terkenal di Indonesia. Mari lestarikan budaya Indonesia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Acara Kitorang Bersodara, Jaga Solidaritas Masyarakat Papua dengan yang Lain

Posted: 13 Oct 2019 09:40 PM PDT

Fokus, Jakarta - Kegiatan yang bertajuk Kitorang Bersodara Minggu, 13 Oktober 2019 pagi digelar di arena car free day di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (14/10/2019), acara digelar sebagai bentuk silaturahmi dengan warga Papua dan warga yang pernah berhubungan dengan Papua.

Acara yang digagas alumni ITS, UGM, dan Universitas Cendrawasih ini dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan pejabat daerah Papua serta Papua Barat.

Kegiatan silaturahmi dimulai dengan senam pagi maumere, jalan sehat, dan dilanjutkan dengan aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk masyarakat di Wamena yang terdampak insiden kerusuhan beberapa waktu lalu.

Dalam penggalangan dana terkumpul dana sebesar Rp 1,5 miliar yang nantinya akan dijadikan dana sosial bagi warga Wamena.

"Ini sesuatu yang baik bahwa didahului dengan kegiatan yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni Keluarga Kagama, kemudian ITS, dan juga Uncen pada pagi hari ini saya kira baik membangun kebersamaan dari Pulau Jawa ada ITS dan dari Papua ada Universitas Cenderawasih," kata Wagub Papua Barat Mohamad Lakatoni.

Selain hiburan dan olahraga, silaturahmi Kitorang Bersodara juga dimeriahkan parade marching band dan dialog bersama untuk menyuarakan persatuan Indonesia dan khususnya untuk Papua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring

Posted: 13 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara Jakarta, Senin (14/10/2019). Jokowi mengatakan Palapa Ring ini dapat mengoneksikan ratusan kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Jokowi saat meresmikan Palapa Ring di Istana Negara.

Proyek Palapa Ring yang terdiri dari tiga paket yakni Paket Barat, Tengah, dan Timur telah rampung sejak Agustus 2019. Peresmian Palapa Ring ini juga ditandai dengan penandatanganan prasasti digital oleh Jokowi.

Usai meresmikan Palapa Ring, Jokowi dan para menteri kabinet kerja mencoba video conference dengan beberapa kepala daerah salah satunya yaitu, Wakil Gubernur Papua Barat, Wakil Wali Kota Sorong, dan Wakil Gubernur NTT. Kemudian, dengan Bupati Penajem Paser Utara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap Palapa Ring ini dapat bermanfaat bagi masyarakat baik dari sektor ekonomi, budaya, hingga politik dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, proyek ini diharapkan dapat memperbaiki pendidikan di daerah-daerah di Indonesia.

"(Palapa Ring) Agar bisa saling mengenal. Penguatan persatuan kita memperbaiki pendidikan, dan menembus seluruh pelosok Indonesia, memperkuat perdagangan UMKM ke pasar nasional bahkan internasional," ujar Jokowi.

 

Pemerataan Akses Internet

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menggambarkan proyek Palapa Ring untuk menghadirkan sinyal telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk akses internet, sebagai "tol langit".

Kehadiran tol langit ini akan kian memperkuat pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa proyek Palapa Ring ini bertujuan agar akses internet ada di mana-mana dan harga jual paketnya tidak berbeda satu sama lain. Selain itu, dengan adanya Palapa Ring, tidak ada lagi daerah perbatasan yang terisolasi.

Setelah pembangunan selesai, operator telekomunikasi bisa memanfaatkan layanan Palapa Ring dengan skema tarif yang telah ditetapkan berdasarkan penyediaan kapasitas pita lebar (bandwidth) dan kabel serat optik pasif atau dark fiber.

(Lizsa Egeham/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xia Boyu, Penyandang Disabilitas yang Mampu Taklukkan Puncak Everest

Posted: 13 Oct 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xia Boyu (69), seorang penyandang disabilitas yang meraih pencapaian luar biasa dalam hidupnya. Meski memiliki kekurangan, Xia mampu menaklukkan tantangan dengan kekuatannya.pu melakukannya.

Xia harus menunda cita-citanya selama 40 tahun untuk menaklukkan puncak Gunung Everest. Namun setelah kedua kakinya diamputasi, pendaki Gunung Everest itu berhasil mencapai puncak tertinggi di dunia.

Dilansir dari Time, sebelum menjadi seorang disabilitas, Xia Boyu pertama kali mencoba meraih puncak gunung Everest pada 1975 sebagai bagian dari ekspedisi yang didukung oleh Pemerintah China.

Hanya saja tim yang berangkat harus tertahan oleh cuaca buruk selama 2 hari 3 malam. Xia kemudian memberikan kantong tidurnya pada salah satu rekannya yang berada dalam kondisi buruk dan membuat kedua kakinya hilang karena radang dingin.

Cita-cita yang awalnya hanya memiliki jarak tersisa sebanyak 250 meter itu pun harus ditunda dan memastikan orang-orang yang ada tetap hidup serta kembali dalam keadaan selamat.

Tindakan Xia saat itu memang heroik, tapi radang dingin nyatanya memberikan dampak buruk padanya di masa depan. Benar, pada 1996, Xia didiagnosa dengan lymphom, semacam kanker darah dan menyebabkan kedua kakinya harus diamputasi lagi, kali ini sampai di bagian atas lututnya.

Tentu saja kejadian itu menjadi cobaan berat untuknya, tapi Xia yang penuh semangat itu tidak pernah menyerah dalam mewujudkan mimpinya sebagai pendaki yang menaklukkan salah satu puncak gunung tertinggi di dunia.

"Mendaki Gunung Everest adalah mimpiku. Aku harus mewujudkannya. Hal itu juga menjadi tantangan untuk diriku sendiri, tantangan dari takdirku," ujar Xia pada AFP.

Setelah dua dekade kehilangan kedua kakinya, Xia kembali berlatih untuk mempersiapkan tubuhnya dan mencoba kembali mendaki Gunung Everest lagi. Meski dia sudah menjadi seorang penyandang disabilitas.

 

Kembali Mendaki

Puncak Everest atau Mount Everest di pegunungan Himalaya. (AFP)

Pada 2014, Xia kembali mencoba menaklukkan Gunung Everest, ternyata cuaca buruk kembali menghalangi jalannya dan terulang kembali di tahun berikutnya.

Bahkan ketika ia kembali mendaki pada 2016, badai salju harus menghalangi langkahnya yang hanya sampai 100 meter dari puncak Gunung Everest tersebut.

"Kalau aku sendirian karena usiaku yang sudah tua dan sudah berjuang selama 40 tahun demi mewujudkan mimpiku, aku mungkin tidak akan mempertimbangkan konsekuensinya. Tapi saat aku melihat ke belakang, lima orang Sherpa sedang menatapku. Mereka punya keluarga, jadi aku memutuskan untuk mundur," kata Xia.

Lalu pada 2017, Xia kembali mencoba menaklukkan puncak Everest untuk kelima kalinya, meski Pemerintah Nepal secara resmi melarang orang yang kakinya diamputasi, pendaki solo, dan buta untuk mendaki gunung tersebut.

Xia lalu berpikir kalau semua yang dilalui selama empat dekade terakhir ini akan berakhir sia-sia dan ia tidak akan pernah bisa untuk mewujudkan mimpinya.

Akhirnya, Mahkamah Agung Nepal membatalkan keputusan kontroversial yang mereka buat. Pria difabel ini diizinkan kembali untuk mendaki Everest dan berhasil menaklukkan puncak tersebut.

Xia Boyu menjadi orang kedua yang telah berhasil menaklukkan puncak Everest dengan kedua kaki yang diamputasi. Sebelumnya Mark Inglis, seorang pendaki asal Selandia Baru telah meraih pencapaian itu pada 2006.

 

(Annisa Suryanie)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Ini, Prabowo Akan Bertemu Ketum PKB Muhaimin Iskandar

Posted: 13 Oct 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berencana bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Senin (14/10/2019). Pertemuan itu direncanakan terjadi pada pukul 19.00 WIB di Kantor DPP PKB.

"Misalnya malam ini berencana walaupun belum ada kepastian juga ini jam 19.00 WIB Pak Prabowo akan berkunjung ke DPP PKB tapi belum ada jadwal yang pasti," kata Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzhar Simanjuntak di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

"Rencananya begitu tapi sampai detik ini kita belum dapat kepastian apakah Pak Prabowo tapi rencananya gitu," sambungnya.

Dahnil mengatakan, Prabowo memang berencana bertemu dengan ketua umum partai politik di Indonesia. Kemarin, Minggu 13 Oktober 2019 Mantan Danjen Kopassus itu juga sudah bertemu dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

"Iya, kan beliau sudah berkomunikasi dengan para pimpinan partai koalisi, koalisi kami adil dan makmur, setelah itu tentu beliau mau bersilaturahmi dan mendengar partai koalisi Pak Jokowi," ungkapnya.

 

Bertemu Ketum Golkar

Selain itu, Prabowo juga berencana bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Dahnil menegaskan semua rangkaian pertemuan itu dilakukan sebagai upaya rekonsiliasi saja.

"Saya pikir ini upaya rekonsiliasi yang terus dilakukan pasca kontestasi, harus ada keguyuban. Apakah selanjutnya kemudian kita dalam posisi oposisi atau mitra internal ya itu lain hal jadi memang," ucapnya.

Sebelumnya, Prabowo sudah merencanakan pertemuan dengan ketua umum partai pengusung Presiden Joko Widodo lainnya. Setelah bertemu dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Prabowo mengaku akan bertemu dengan tokoh politik lainnya.

"Saya akan ketemu semua tokoh lah," kata Prabowo saat hendak meninggalkan kediaman Surya Paloh, Minggu (13/10) malam.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi Tolak Rencana Barcelona Rekrut Willian

Posted: 13 Oct 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Barcelona terus digosipkan akan mendatangkan winger Chelsea, Willian, pada bursa transfer Januari 2019. Namun, rencana tersebut dikabarkan ditolak kapten tim, Lionel Messi.

Los Cules kepincut dengan kemampuan mengolah bola Willian. Bahkan, Barcelona ingin memboyong winger Timnas Brasil itu ke Camp Nou pada bursa transfer musim panas 2019.

Akan tetapi, Los Cules urung merealisasikan transfer tersebut, karena sudah membeli Antoine Griezmann dan Fenkie de Jong. Selain itu, Chelsea mematok mahal harga si pemain, sedangkan Blaugrana kehabisan sumber dana.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, membutuhkan pemain seperti Willian. Sebab, dia ingin pelapis yang mumpuni di lini depan selain Ansu Fati yang berusia sangat muda.

Ernesto Valverde memang berharap Barcelona membeli Willian. Hanya saja, keinginan sang pelatih mungkin tidak akan dipenuhi oleh direksi Barca. Sebab, tidak ada restu dari Lionel Messi.

Paling Berpengaruh

Gelandang Chelsea, Willian, berusaha melewati kepungan pemain Barcelona pada laga Liga Champions di Stadion Stamford Bridge, London, Selasa (20/2/2018). Chelsea sementara unggul 1-0 atas Barcelona. (AFP/Glyn Kirk)

Messi merupakan pemain dengan pengaruh besar di Barcelona. Seperti dilansir Sportsmole, Lionel Messi bakal memakai pengaruhnya untuk menolak rencana transfer Willian.

La Pulga meyakini Barcelona belum butuh pemain seperti Willian. Apalagi, El Barca masih memiliki Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele yang berposisi sebagai winger.

Willian masih menanti kepastian masa depannya bersama Chelsea. Kontrak pemain berusia 31 tahun tersebut akan berakhir pada 30 Juni 2020. Sampai saat ini, belum ada kepastian tawaran kontrak baru dari Chelsea.

Mulai Dipercaya Frank Lampard

Gelandang Chelsea, Willian, menggiring bola saat melawan Bournemouth pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Kamis (20/12). Chelsea menang 1-0 atas Bournemouth. (AP/Alastair Grant)

Willian sempat dikabarkan tidak masuk dalam rencana manajer Chelsea, Frank Lampard. Apalagi, pada awal musim 2019-2020, Willian harus absen dalam beberapa pertandingan karena cedera hamstring.

Akan tetapi, Willian belakangan mampu bermain cukup bagus. Dia mampu mencetak dua gol dan satu assist, dari sembilan pertandingan bersama Chelsea di seluruh ajang.

Pemain bernama lengkap Willian Borges da Silva itu bergabung dengan Chelsea pada 2013 dari Anzi Anzhi Makhachkala. Dibeli dengan harga 35 juta euro, Willian sejauh ini telah mencetak 54 gol untuk The Blues di semua kompetisi.

Dia juga turut membantu Chelsea meraih lima trofi juara, beberapa di antaranya adalah dua gelar Premier League dan satu titel Liga Europa.

Sumber asli: Sportsmole

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Asad Arifin/Published: 13/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Warga Lokal, Demo Hong Kong Juga Berdampak ke Pekerja Asing

Posted: 13 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Para pekerja domestik asal Filipina yang bekerja di Hong Kong biasa menghabiskan waktu bersama teman-temannya pada hari libur mereka. Namun, kegiatan tersebut tak lagi bisa dilakukan lantaran demonstrasi yang masih terjadi di seluruh kota Hong Kong.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (14/10/2019), pada satu kesempatan, ketika para tenaga kerja tersebut sedang berkumpul, ratusan demonstran berpakaian hitam dan mengenakan topi, kacamata dan peralatan perlindungan lainnya menyerbu daerah itu dengan cara yang anarkis, seperti yang sudah terjadi di Hong Kong dalam beberapa bulan terakhir.

Hari Minggu itu berubah menjadi salah satu hari bentrokan paling intens dalam berbulan-bulan demonstrasi di Hong Kong yang dipicu oleh masalah RUU ekstradisi.

Para peserta unjuk rasa merusak stasiun kereta api, merobohkan spanduk yang menyatakan perayaan ulang tahun ke 70 pendirian Republik Rakyat China pada 1 Oktober lalu, membakar barikade darurat dan melemparkan batu dan bom bensin.

Polisi terpaksa harus menembakkan gas air mata, peluru karet, dan meriam air di lokasi yang berbeda. Mereka juga menembakkan tembakan peringatan langsung ke udara guna membubarkan massa.

"Gas air mata membuatku sulit bernapas," kata Grace, salah seorang pekerja domestik asal Filipina.

"Hong Kong yang aman dan sangat damai yang saya anggap sebagai rumah kedua saya sangat berbeda sekarang. Ketika kami pergi pada hari Minggu dan hari libur resmi Anda dapat melihat properti dirusak oleh pengunjuk rasa, polisi huru hara di mana-mana dan beberapa stasiun kereta api ditutup. Ini adalah hal-hal yang belum saya lihat selama saya tinggal di Hong Kong," kata Grace, yang telah bekerja sebagai asisten rumah tangga di Hong Kong selama sembilan tahun.

 

Langkah Pemerintah Filipina

Polisi menahan demonstran selama demonstrasi di Hong Kong, Minggu (29/9/2019). Bentrokan antara demonstran dengan polisi di Hong Kong kian panas jelang hari ulang tahun (HUT) China pada 1 Oktober. (AP Photo/Kin Cheung)

Hong Kong, yang berpenduduk 7,4 juta orang, memiliki sekitar 400.000 pekerja rumah tangga asing di kota itu, dengan mayoritas dari Filipina dan Indonesia.

Pada hari libur mereka, banyak pembantu biasanya berkumpul di ruang publik seperti Central, Wan Chai dan Victoria Park di Causeway Bay atau di bawah jembatan layang dan pijakan kaki untuk tidur siang atau sekadar bersantai.

Tetapi tempat-tempat itu berubah menjadi tempat protes besar yang telah terjadi selama empat bulan terakhir.

Selain tidak dapat menikmati hari libur mereka, protes juga menyebabkan beberapa pekerja khawatir tentang keselamatan pribadi dan keamanan kerja mereka.

"Beberapa pekerja Filipina khawatir tentang pekerjaan mereka karena beberapa majikan pindah," lapor Kantor Tenaga Kerja Luar Negeri Filipina kepada CNA.

"Mereka juga khawatir tentang keselamatan mereka. Banyak dari mereka tidak dapat menikmati hari libur selama hari Minggu karena protes besar biasanya dijadwalkan pada hari-hari ini dan tidak memungkinkan bagi mereka untuk keluar," ujar Kantor tersebut, yang berfungsi sebagai perantara operasi Philippines Department of Labor and Employment (DOLE) atau Departemen Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan Filipina.

DOLE pada hari Rabu, 9 Oktober 2019, mengulangi peringatannya kepada para pekerja Filipina di Hong Kong untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan tetap berada di dalam ruangan dan menjauhkan diri dari lokasi unjuk rasa.

Mereka juga menyarankan warga Filipina yang bekerja di Hong Kong untuk tidak mengenakan pakaian hitam atau putih agar tidak dikira sebagai pengunjuk rasa.

Kantor Tenaga Kerja Luar Negeri Filipina mengatakan, mereka belum mengeluarkan larangan penempatan pekerja asing di luar negeri ke Hong Kong jika situasinya memburuk.

"Sampai hari ini, pemerintah Filipina tidak mempertimbangkan larangan penempatan pekerja di Hong Kong. Namun, kami akan terus memantau situasi dan dapat memberlakukan larangan jika diperlukan," tambahnya kepada CNA.

Takut Kehilangan Pekerjaan

Demonstran berkumpul di Tsim Tsa Tsui Promenade untuk memprotes pengaruh China yang semakin besar terhadap Hong Kong (AFP Photo)

"Protes semakin memburuk dan tidak terkendali karena ketegangan dan kemarahan para demonstran terhadap hukum pemerintah dan para pejabat," kata Kim, yang telah bekerja di Hong Kong selama sembilan tahun. Dia telah tinggal bersama majikannya saat ini di distrik Tai Po selama 15 bulan terakhir.

"Saya tinggal jauh dari tempat-tempat di mana para demonstran melakukan kegiatan mereka, jadi saya tidak keberatan selama saya tahu saya aman. Tetapi jika situasinya memburuk dan tidak dapat dikendalikan pemerintah Hong Kong dan semua tempat terkena dampaknya maka saya pikir sudah waktunya untuk mengambil tindakan untuk meninggalkan Hong Kong kapan saja," katanya.

Namun bagi Kim dan Grace, yang merupakan pencari nafkah utama bagi keluarga mereka, kekhawatiran terbesar mereka adalah dibiarkan tanpa pekerjaan.

"Saya hanya berpikir jika majikan saya tiba-tiba memutuskan untuk pindah maka masalah saya akan mulai khawatir. Jika itu terjadi, saya akan kembali ke Filipina. Kemudian mulai dari awal lagi untuk mencari majikan baru," kata Kim.

"Saya membutuhkan pekerjaan ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya. Saya hanya berdoa agar kekerasan dan protes ini akan segera berakhir," Grace memungkasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Transformasi Ivan Gunawan dari Coverboy hingga Desainer Terkenal

Posted: 13 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal Ivan Gunawan? Dikenal sebagai sosok yang kocak dan humoris, pria kelahiran 1981 ini namanya masih eksis hingga kini di dunia televisi.

Selain sebagai pembawa acara, mantan kekasih Rossa ini juga berprofesi sebagai desainer ternama di Indonesia. Ivan Gunawan kerap membuat rancangan busana pernikahan hingga gaun mewah untuk para selebriti. Tahun 2017 silam, rancangan gaun "Thallasa: Mother of Sea" karya Ivan berhasil menjadi yang terbaik dalam kategori Best Dress di Miss International 2017. 

Sukses menjadi desainer, Ivan juga mengeluarkan brand fashion sendiri seperti Mandjha Hijab, Khalif Menswear, Jajaka X Ivan Gunawan dan pakaian anak "MiniMe Kidz". Tak hanya itu, Ivan Gunawan juga telah merambah ke bidang kosmetik dengan brand  Ivan Gunawan Cosmetics dan telah membuka usahanya di sejumlah kota besar di Indonesia.

Mengawali karier sejak masih muda, keponakan desainer Adjie Notonegoro ini rupanya pernah menjadi Coverboy di sebuah majalah. Penampilannya saat menjadi Coverboy pun tak ayal membuat pangling.

Penasaran seperti apa potret transformasi Ivan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com rangkum potret transformasi Ivan Gunawan, Senin (14/10/2019).

1. Potret Ivan Gunawan saat menjadi Coverboy majalah

Transformasi Ivan Gunawan  (Sumber: Kapanlagi)

2. Mulai menggeluti dunia hiburan, Ivan Gunawan ternyata pernah berambut gundul guys!

Transformasi Ivan Gunawan  (Sumber: Kapanlagi)

3. Potret Ivan di awal karier, banyak yang bilang pria kelahiran 1981 ini mirip Christian Ronaldo loh! Setuju enggak nih?

Transformasi Ivan Gunawan  (Sumber: Kapanlagi)

4. Sukses di dunia hiburan, mantan kekasih Rossa ini menggeluti bidang fashion. Penampilannya pun terlihat lebih feminin.

Transformasi Ivan Gunawan  (Sumber: Kapanlagi)

5. Pria berdarah Jawa, Tionghoa dan Belanda ini sering mengganti gaya rambutnya yang unik dan nyentrik.

Transformasi Ivan Gunawan  (Sumber: Kapanlagi)

6. Sebagai brand ambassador kecantikan, Ivan mengaku pernah operasi dagu. Ia juga melakukan tarik benang, filler dan botoks di bagian muka.

Transformasi Ivan Gunawan  (Sumber: Kapanlagi)

7. Tak hanya sukses di dunia hiburan dan desainer, pria 37 tahun ini juga sukses menjadi pengusaha. Sejumlah brand fashion dan kecantikan pun sudah ia luncurkan.

Transformasi Ivan Gunawan  (Sumber: Kapanlagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stok Menipis, Harga Daging Ayam Naik

Posted: 13 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - [Harga daging ayam](4047227 "" dan telur ayam di pasar tradisional terpantau merangkak naik. Saat ini, daging ayam ukuran sedang dijual seharga Rp 37 ribu per kgnya.

Menurut salah satu pedagang daging ayam di Pasar Koja Baru, Doel, harga daging ayam naik dikarenakan stok sedang kurang.

"Stok lagi kurang dari peternak," ujarnya singkat pada Liputan6.com di Jakarta, Senin (14/10/2019).

 

Doel biasa mematok harga daging ayam ukuran sedang sebesar Rp 35 ribu per kgnya. Sementara untuk ukuran besar, dia menjual Rp 50 ribu per kg.

Pedagang lain, Surti, mengklaim penjualan daging ayamnya tidak mengalami perubahan meskipun harga daging ayam naik. Hal ini karena pelanggan lapaknya memang sering memesan sehari sebelumnya.

"Saya ada sistem pesan. Jadi pembeli banyak yang bilang lewat WA (WhatsApp), pesan ayam satu, pesan kepala sekilo (satu kg). Mereka nggak mengeluh kalau harga naik," tuturnya.

Di sisi lain, harga telur ayam sendiri terpantau stabil di angka Rp 24 ribu per kgnya. Untuk daging sapi masih dijual Rp 120 per kg dan daging kambing Rp 100 ribu per kg.

Harga Daging Ayam Naik jadi Rp 36 Ribu per Kg

Daging ayam potong segar di Pasar Slipi. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Harga daging ayam broiler atau ras tengah naik di pasar tradisional. Tetapi, penurunan harga ditemui pada jenis telur ayam ras.

Salah satu pedagang ayam, Ibu Nita (49) menjelaskan, dirinya menjual daging ayam seharga Rp35 ribu per ekor. Ditempatnya, kenaikan diklaim sudah berlangsung 4 hari lamanya.

"Stok lagi kurang, makanya naik. Ini kira-kira sudah 4 harian," tuturnya kepada Liputan6.com di Pasar Kranji, Kota Bekasi, Jumat (27/9/2019).

Kata dia, kenaikan harga daging ayam biasanya terjadi di rentang harga Rp1.500 sampai Rp2.000 per ekor. Sementara kenaikan tertinggi menurutnya dibanderol sebesar Rp37 ribu per ekor.

Sementara itu, pedagang ayam lain Bapak Andri (51) memaparkan, pihaknya mematok harga daging ayam senilai Rp36 ribu per ekor. Andri mengaku kenaikan memang tak bersahabat di kalangan ibu rumah tangga.

Itu bisa dilihat dari sepinya pembeli di Pasar Kranji hari ini.

"Memang lagi naik, makanya ini kan sepi sekarang bisa ditengok," ujarnya.

Harga di Peternak Masih Rendah

Peternak memberi makan ayam pedaging broiler di kawasan Cipelang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/7). Tingginya harga daging ayam juga dipengaruhi oleh kenaikan harga pakan yang masih import seiring kenaikan dolar terhadap rupiah. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kendati demikian, ditanya secara terpisah, meski kenaikan harga daging ayam ditemui di tingkat konsumen, harga di level peternak masih anjlok.

"Harga acuan di tingkat konsumen memang Rp32 ribu per ekor. Tetapi Jika mengacu pada harga acuan Permendag harga minimal di peternak Rp18 ribu per ekor. Tetapi harga di kandang ini masih Rp16 ribu," kata Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Pengusaha Peternak Ayam Nasional (Gopan) Sugeng Wahyudi

Adapun untuk harga telur hari ini dijual di kisaran Rp 22-23 ribu per kg. Harga ini diklaim mengalami penurunan sebesar Rp263 per ekor.

Penurunan ini sejalan menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional yang mengungkapkan harga ayam di Jawa Barat seharga Rp22.779 per kg. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bocoran Spesifikasi dan Fitur Oppo Reno Ace Paling Populer

Posted: 13 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang smartphone flagship terbaru Oppo, Reno Ace, yang bakal meluncur di pasaran menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (14/10/2019).

Tak hanya itu, berita lain yang juga banyak dibaca, termasuk Portugal semakin waspada tentang risiko mata uang Libra, dan Global Sources Electronics bakal sambangi Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Oppo Reno Ace Hadir dengan Snapdragon 855 Plus dan Pengisian Daya Supercepat

Oppo kembali menambah model terbaru untuk lini Reno. Hal itu dipastikan setelah perusahaan asal Tiongkok tersebut merilis Oppo Reno Ace.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (13/10/2019), smartphone ini masuk ke dalam kategori perangkat flagship.

Sebab, Reno Ace hadir dengan spesifikasi mumpuni dan kemampuan teranyar besutan Oppo.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Portugal Waspadai Risiko Mata Uang Libra

Mata uang digital garapan Facebook, Libra, kembali mendapat tanggapan negatif.

Terkini, Portugal menyebut bahwa Libra tidak boleh beredar dan beroperasi hingga risiko yang mungkin berdampak pada sistem keuangan global, bisa diatasi.

"Sudah jelas Libra berpotensi membawa dampak sistemik," kata Ricardo Mourinho Felix, sekretaris untuk bidang keuangan negara, sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (14/10/2019).

Baca selengkapnya di sini

3. Global Sources Electronics Siap Sambangi Indonesia

Bekerja sama dengan Adhouse Clarion Events, Global Sources akan mengadakan Global Sources Electronics pada 5-7 Desember 2019 di Jakarta Convention Centre, Indonesia.

Pameran ini akan menghadirkan 400 booth produsen produk alat elektronik konsumen dan produk seluler elektronik. Acara ini bertujuan untuk mengumpulkan importir, pengecer, pengecer online, agen tunggal, toko berantai, distributor, grosir, dan UKM dalam satu atap.

"Indonesia berkembang dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu alasannya datang dari banyaknya investor luar yang mendirikan pabrik di Indonesia," ujar John Kao, Vice President Electronic Group kepada Liputan6.com saat Global Sources Consumer Electronics di AsiaWorld-Expo, Hong Kong, Jumat (11/10/2019).

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Terbaru Marion Jola, Cantik dan Seksi

Posted: 13 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain berbakat dalam dunia tarik suara, Marion Jola juga dikenal pandai dalam memadukan berbagai gaya busana. Ciri khas penampilan Marion Jola terletak pada pakaian yang cenderung minim dan memberikan kesan sensual. 

Citra wanita seksi yang melekat pada pelantun "Jangan" ini terlihat dari sejumlah unggahan foto di akun Instagramnya @lalamarionmj. Baik saat mengisi acara atau sekadar berlibur, penampilan Marion Jola selalu berhasil menyita perhatian publik. 

Pada salah satu unggahan fotonya di Instagram, Marion Jola terlihat menawan saat mengenakan gaun silver berbahan satin. Bagian depan gaun yang dibuat longgar menambah kesan seksi wanita 19 tahun ini. 

Tak lupa, riasan smokey eye juga menghiasi paras cantik Marion Jola. Rambut pendeknya yang berkilau juga menguatkan kesan elegan pada tampilannya tersebut.

 

 

Kesan Sensual

Marion Jola (Instagram)

Dalam unggahannya yang lain, Marion Jola tampil berani dengan gaun one shoulder. Gaun tersebut menguatkan kesan sensual yang dimilikinya dengan potongan yang rendah pada bagian depan. 

Wanita yang akrab disapa Lala semakin tampil memesona dengan riasan mata bernuansa jingga kemerahan. Wajah Lala juga tampak bersinar dengan highlighter yang terkesan menyilaukan mata. 

 

Komentar Warganet

Marion Jola (Instagram)

Unggahan foto-foto Marion Jola yang terkesan seksi tersebut kerap menuai reaksi beragam dari warganet. Beberapa komentar menggelikan juga tak lupa dituliskan untuk Marion Jola. 

"Cakepnya gada obatt," ujar akun @loeloe1141 

"Astagfirullah, nikmat Tuhan yg mana kau dustakan?" komentar akun @mr_vilandika 

"Ya Allah kuatkan puasaku hari ini" tulis akun @hafidzhersa 

"Kapan jeleknya laa? Kenapa selalu cantiikkk," kata akun @nayshilaa6 

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Badai Api Bakar Ribuan Hektare Lahan di California

Posted: 13 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bencana badai api menghanguskan ribuan hektare lahan di California. Akibatnya jatuh korban tewas hingga hangusnya puluhan rumah karena terbakar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olivier Giroud Kesal Jadi Cadangan di Chelsea

Posted: 13 Oct 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Penyerang Timnas Prancis, Olivier Giroud, kecewa cuma menjadi pelapis di Chelsea. Namun, Giroud tetap menghormati keputusan manajer Frank Lamprd yang lebih sering mencadangkannya.

Penyerang berusia 33 tahun tersebut mencetak gol tunggal kemenangan Les Blues atas Islandia pada laga ketujuh Grup H kualifikasi Piala Eropa 2020, di Laugardalsvollur, Jumat (11/10/2019) malam waktu setempat.

Akan tetapi, sang bomber belum mencetak gol di Premier League musim ini. Olivier Giroud baru tampil dalam tiga pertandingan di Liga Inggris 2019-2020.

Pasalnya, manajer The Blues, Frank Lampard, lebih sering memainkan striker muda Tammy Abraham. Lampard memang tidak salah memercayai Abraham sebagai striker utama Chelsea.

Bomber muda asal Inggris itu tampil tajam sejauh ini. Tammy Abraham berhasil mencetak sembilan gol dari 11 pertandingan di seluruh ajang.

Giroud juga hanya menjadi pelapis saat Chelsea dipimpin Maurizio Sarri pada musim lalu. Situasi yang dialami saat ini tentu saja tidak membuat sang pemain bahagia.

 

Komentar Olivier Giroud

Ekspresi Olivier Giroud pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Dean Court, Bournemouth, Kamis (31/1). Chelsea dipermalukan 0-4 kontra Bournemouth. (AFP/Glyn Kirk)

"Terima? Tidak, saya tidak menerimanya (menjadi cadangan). Anda tidak harus fatalistis dalam situasi tertentu. Saya selalu menghormati dan rendah hati. Bahkan jika saya tidak setuju dengan pelatih, saya tidak mengkritiknya," kata Giroud.

"Tetapi dalam diri saya, saya tidak bisa menerimanya karena saya tahu apa yang saya hargai di lapangan. Tahun lalu, ketika saya merasa layak bermain, saya meminta penjelasan kepada pelatih (Sarri)," lanjutnya.

Sejak pindah ke Chelsea dari Arsenal pada Januari 2018, Giroud memang tak bisa menjadi pilihan utama. Dia hanya menjadi starter 14 kali di Premier League.

Sejauh ini, Olivier Giroud telah mencetak 19 gol dari 68 pertandingan bersama Chelsea di seluruh ajang. Meski tak selalu menjadi pilihan utama, Giroud berhasil membantu Tim London Biru menjuarai Piala FA 2017-2018 dan Liga Europa 2018-2019.

Sumber asli: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Aga Deta/Published: 13/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikhtiar Pemkab Purwakarta Menjadi Kota Layak Anak

Posted: 13 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Target menjadi Kota Layak Anak (KLA) terus menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Bukan hanya sekedar sosialisasi tetapi berbagai program pun didorong disetiap OPD termasuk diberbagai area publik seperti taman.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika,mengatakan Kota Layak Anak di bawah kepemimpinanannya menjadi salah satu fokus. Sehingga pihaknya mendorong upaya tersebut dalam berbagai program.

"Kita dorong agar Kabupaten Purwakarta bisa menjadi salah satu daerah yang mendapatkan predikat Kota Layak Anak," ujar Anne ketika ditemui di Purwakarta. Senin (14/10).

Dalam kesempatannya, mantan mojang 1999 Purwakarta ini mengatakan bahwa Kantor, Area Publik harus bisa menjadi tempat yang ramah bagi anak - anak, bahkan beberapa waktu lalu di HUT Pramuka. Anne meminta agar pramuka bisa menyasar anak - anak.

"Salah satunya Pramuka harus berada ditengah masyarakat dengan menyasar anak - anak, karena sangatlah penting demi masa depan," katanya.

Bahkan di berbagai OPD, Anne pun mewajibkan kantor harus memiliki ruang laktasi. Dinas Sosial, Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (P3A) Kabupaten Purwakarta terus lakukan sosialisasi Kota Layak Anak, terutama di sekolah - sekolah.

Dinsos PPA mengatakan bahwa menyasar sekolah - sekolah, bagian dari tekad Pemkab Purwakarta untuk mewujudkan Purwakarta sebagai kota layak anak.

 

Kabupaten Purwakarta terus lakukan sosialisasi Kota Layak Anak.

"Bagian dari instrumen kabupaten atau kota layak anak salah satunya yang dicanangkan oleh kementerian pemberdayaan perempuan bahwa untuk di Tahun 2030 Indonesia harus layak anak," ujar Kabid Perlindungan Anak Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta Nur Aisah Jamil.

Lanjutnya, sekolah harus menjadi sarana dan prasarana yang membuat anak nyaman dan betah selain di rumah, dan ingin menjadikan sekolah rumah kedua bagi anak-anak

Pihaknya pun turut menggandeng pihak KPAI dan Unit PPA Polres Purwakarta, demi mensukseskan program tersebut.

Bukan hanya itu Disdik Purwakarta pun dalam kesempatannya selalu mengatakan bahwa sekolah harus menjadi pusatnya kegiatan terutama untuk anak - anak.

 

Kabupaten Purwakarta terus lakukan sosialisasi Kota Layak Anak.

Lebih jauh ia menjelaskan, sosialisasi ini tak hanya menyasar sekolah-sekolah saja namun juga ke sejumlah intansi, desa dan kampung-kampung di Purwakarta. Hal tersebut bagian dari upaya target Pemerintah Daerah,menjadi salah satu daerah memiliki predikat kota layak anak.

"Kita juga sudah melakukan Sosialisasi ramah anak di Kecamatan Purwakarta, Bungursari, Campaka, Cibatu Pasawahan, Pondoksalam dan Plered," katanya.

Kegiatan deklarasi Sekolah Ramah Anak serta Sosialisasi pengembangan gugus tugas Trafficking tahun 2019 selalu diisi dengan pengumpulan tanda tangan sebagai bukti dukungan.

 

Kabupaten Purwakarta terus lakukan sosialisasi Kota Layak Anak.

Adapun terkait fasilitas publik di Purwakarta, yang merupakan salah satu elemen menjadi nilai acuan, Nur Aisah Jamil mengatakan sudah lama Purwakarta fasilitas publiknya sudah sangat ramah anak.

Bahkan Taman Surawisesa, Bale Pasanggrahan Padjajaran dan taman lainnya sudah memenuhi kriteria layak anak.

"Kalau fasilitas bahkan sejak 2015 an taman - taman di Purwakarta sudah masuk kriteria ramah anak, hanya saja fokus mengejar predikat KLA pada tahun ini," jelasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Tahun Statusnya Menggantung, Dwi Andhika Ingin Putus dari Donita

Posted: 13 Oct 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dwi Andhika buka-bukaan soal kisah asmara masa lalunya. Termasuk mengenai sosok wanita yang pernah mengisi hati pemain film Surat Kecil untuk Tuhan tersebut.

Seperti diketahui, Dwi Andhika sempat menjalin kasih dengan beberapa selebritas cantik di antaranya Ayushita, Irma Darmawangsa hingga Vanessa Angel. Dalam wawancara talkshow bersama Raffi Ahmad, sosok selebritas cantik lainnya ternyata pernah menjadi cinta pertama Dwi Andhika. Siapa dia?

"Ada (pacar pertama), Donita. Aku tuh sama Donita waktu SD (pacaran)," ucap Dwi Andhika.

 

Dwi Andhika menuturkan bahwa cinta monyetnya itu dijalin saat nama keduanya belum terkenal. Meski begitu, aktor 33 tahun ini merasa bangga pernah memacari istri Adi Nugroho tersebut.

"Saat itu aku belum jadi artis dan Donita juga belum jadi artis, jadi enggak ke-publish gitu. Aku mah bangga. Dianya yang enggak bangga sama aku," ceplos Dwi Andhika seraya tertawa.

Ingin Putus

Dwi Andhika

Menariknya, belum ada kata putus yang keluar dari bibir Dwi Andhika ataupun Donita. Hubungan asmara mereka masih menggantung karena Dwi Andhika ketika itu harus pindah ke Jakarta. 

Oleh karena itu, kata Dwi Andhika, jika diizinkan bertemu Donita, ia ingin memutuskan jalinan asmara yang pernah dirajutnya semasa kecil.

"Kan dari zaman SD pacaran, sampai sekarang masih belum putus karena aku kebetulan ke Jakarta. Makanya kalau aku dikasih kesempatan untuk ketemu sama Donita, kita putuskan dulu hubungan kita. Karena kan belum ada kata putus," seloroh Dwi Andhika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesepakatan AS-China Dorong Penguatan Rupiah

Posted: 13 Oct 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Senin ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (14/10/2019), rupiah dibuka di angka 14.130 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan sebelumnya yang ada di angka 14.137 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus menguat ke 14.116 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.114 per dolar AS hingga 14.139 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,90 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia(BI), rupiah dipatok di angka 14.126 per dolar AS. Menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.139 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah masih melanjutkan penguatan pada akhir pekan lalu. "Dalam perdagangan minggu ini pasar akan fokus kembali terhadap pertemuan AS dan China serta hasil kompromi Inggris dengan Uni Eropa," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Negosiasi perang dagang antara AS dan China membuahkan hasil. Presiden AS Donald Trump mengatakan kedua negara telah masuk pada fase pertama kesepakatan guna mengakhiri perang dagang.

AS akan menangguhkan kenaikan tarif yang sebelumnya akan diberlakukan AS pada Oktober. AS berjanji menunda kenaikan tarif hingga 30 persen, dari sebelumnya 25 persen, terhadap barang China senilai USD 250 miliar yang seharusnya berlaku 15 Oktober 2019 besok.

Terkait Brexit, dari laporan Sunday Times, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker pada Senin ini untuk mendesak mereka mendukung kesepakatan Brexit.

Kepada ketiga pemimpin tersebut, Johnson akan menawarkan pilihan, yaitu apakah mereka membantu dia dengan menyetujui kesepakatan Brexit (pemisahan Inggris dari Uni Eropa) atau menyetujui model yang lebih bersahabat atas Brexit yang tanpa kesepakatan paling lambat 31 Oktober.

Ibrahim memperkirakan nilai tukar rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.120 per dolar AS hingga 14.170 per dolar AS.

Pemerintah Prediksi Rupiah Melemah ke 14.400 per Dolar AS di 2020

Teller menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah pada tahun depan. Hal tersebut terjadi karena adanya gejolak ekonomi dunia.

Dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa target ekonomi masih akan tinggi, tetapi untuk nilai tukar rupiah akan melemah.

Ia menyebut target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah 5,3 persen. Sumber pertumbuhan ekonomi tahun depan ditekankan pada sektor konsumsi. 

"Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ujar dia.

Jokowi menyebut nilai tukar rupiah akan melemah menuju 14.400 per dolar AS. Ia menyebut hal itu diakibatkan kondisi ekonomi global yang volatile alias penuh ketidakpastian.

Meski sedang ada disrupsi dagang, Jokowi yakin Indonesia akan tetap menjadi primadona investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki telah mendapatkan citra positif dan iklim investasi akan terus dijaga.

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi," ujar Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Resmikan Pengoperasian 'Tol Langit' Palapa Ring

Posted: 13 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara Jakarta, Senin (14/10/2019). Jokowi mengatakan bahwa Palapa Ring ini dapat mengkoneksikan ratusan kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrrahmanirahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Jokowi saat meresmikan Palapa Ring di Istana Negara.

Proyek Palapa Ring yang terdiri dari tiga paket yakni paket barat, tengah, dan timur telah rampung sejak Agustus 2019. Peresmian Palapa Ring ini juga ditandai dengan penandatangan prasasti digital oleh Jokowi.

Usai meresmikan Palapa Ring, Jokowi dan para menteri kabinet kerja mencoba video conference dengan beberapa kepala daerah salah satunya yaitu, Wakil Gubernur Papua Barat, Wakil Wali Kota Sorong, dan Wakil Gubernur NTT. Kemudian, dengan Bupati Penajem Paser Utara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap Palapa Ring ini dapat bermanfaat bagi masyarakat baik dari sektor ekonomi, budaya, hingga politik dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, dapat memperbaiki pendidikan di daerah-daerah di Indonesia.

"(Palapa Ring) Agar bisa saling mengenal. Penguatan persatuan kita memperbaiki pendidikan, dan menembus seuruh pelosok Indonesia, memperkuat perdagangan UMKM ke pasar nasional bahkan internasional," ujar Jokowi.

 

Tol Langit

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menggambarkan proyek Palapa Ring untuk menghadirkan sinyal telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk akses internet, sebagai "tol langit". Kehadiran tol langit ini akan kian memperkuat pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa proyek Palapa Ring ini bertujuan agar akses internet ada di mana-mana, dan harga jual paketnya tidak berbeda satu sama lain. Selain itu, dengan adanya Palapa Ring, tidak ada lagi daerah perbatasan yang terisolir.

Setelah pembangunan selesai, operator telekomunikasi bisa memanfaatkan layanan Palapa Ring dengan skema tarif yang telah ditetapkan berdasarkan penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth, dan kabel serat optik pasif atau dark fiber.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Aksi Orang Saat Tagih Utang Ini Kocak, Ada Parodi hingga Menyanyi

Posted: 13 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian masyarakat, utang bisa jadi sebuah bagian dari kehidupan sehari-hari. Baik itu utang dari gadai surat berharga ke bank, hingga utang kartu kredit. Selain itu utang pun juga bisa dilakukan ke kerabat bahkan ke orang yang memang pekerjaannya memberikan pinjaman uang dengan bunga yang lebih besar.

Kebutuhan akan uang dari masyarakat ini memang macam-macam. Bisa karena kebutuhan mendadak seperti biaya rumah sakit, ada pula memang karena kondisinya yang tidak memungkinkan atau kehabisan uang. Hal itulah yang membuat orang berpikiran untuk utang.

Ketika berutang tentulah harus dibayar, pembayarannya pun biasanya ada perjanjian waktunya atau jatuh tempo. Namun saat ditagih, beberapa orang pun terkadang seakan lupa dan tidak mau membayar. Memang alasan di balik itu semua bermacam-macam, seperti memang belum punya uang untuk membayar.

Saat menagih utang seperti inilah tugas dari seorang collector, yaitu orang yang bekerja untuk menagih utang. Mendapati orang yang tidak membayar utang dengan lancar, terkadang para collector itu pun kesal, dan melakukan aksi kocak saat menagih.

Berikut aksi kocak penagih utang saat menagih yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/10/2019).

1. Penagih utang ini sampai bernyanyi dan menggedor gerbang rumah yang memiliki utang kartu kredit

 

Penagih utang biasanya akan datang ke rumah orang yang memiliki utang, bila sudah masuk tanggal jatuh tempo. Saat tanggal sudah jatuh tempo namun utang belum dibayar, maka penagih utang ini pun akan mendatangi rumah dan menagih.

Dalam aksi penagih utang ini terlihat kocak. Karena ia sempat bernyanyi dengan lirik menagih utang dengan kocak. Video yang diunggah oleh akun Twitter @anggaschr, Jumat (11/10/2019) ini pun viral. Hingga saat ini telah mendapat 21,4 ribu Retweets dan 29,7 ribu Likes.

2. Tagih utang layaknya seperti dalang

 

Bagi para penagih utang, masyarakat yang tidak lancar membayar utang bisa jadi sebuah hambatan untuk pekerjaannya. Karena ia pun juga memiliki tanggung jawab untuk memenuhi target dari pekerjaannya.

Namun, walaupun dahulu memang membantu dengan memberikan utang, banyak dari masyarakat yang ditagih susah dan membuat para penagih ini kesal. Maka dari itu ia pun punya cara kocak saat menagih.

3. Pakai suara unik untuk mengingatkan orang yang berutang

 

Penagih utang ini menggunakan suara dari terompet yang sering digunakan oleh para penjual es keliling. Dengan suara kocak ia berteriak, "Wayahe-wayahe bayar, wayahe," ungkap penagih utang di depan pintu.

Dalam bahasa Indonesia, artinya adalah, "sudah saatnya bayar".

4. Menagih utang ala emak-emak yang kocak

 

Cara menagih utang memang banyak caranya. Ada yang baik-baik, ada pula yang marah-marah hingga dengan cara unik. Seperti halnya ibu ini, dengan kalimatnya yang mengundang tawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Soetta Makin Modern dan Canggih, Kini Punya Robot Pembersih Lantai Terminal

Posted: 13 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bandara Internasional Soekarno-Hatta makin keren, modern, dan canggih saja. Kini, bandara terbesar di Indonesia itu memiliki peralatan otonom (autonomous equipment) untuk membersihkan lantai di Terminal 3.

Terminal 3 adalah terminal penumpang pesawat terbesar dan termegah di Indonesia. Luas terminal ini mencapai sekitar 420.000 meter persegi dengan lalu lintas pergerakan penumpang pesawat bisa mencapai 25 juta penumpang setiap tahunnya.

Sebagai upaya tetap menjaga tingkat kebersihan lantai yang sempurna khususnya di area seluas itu ditambah dengan ramainya penumpang, Angkasa Pura II mulai Agustus 2019 menempatkan dua unit mesin pembersih lantai berbasis robot (robotic scrubber drier) di Terminal 3.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, hadirnya peralatan otonom pembersih lantai ini merupakan salah satu komitmen perseroan. Tujuannya untuk mengurangi peran manusia dalam pekerjaan yang berulang.

"Angkasa Pura II tengah melakukan evolusi pelayanan di mana kami mengedepankan peralatan otonom untuk sejumlah pekerjaan untuk mengurangi peran manusia. Di sisi lain, peran sumber daya manusia akan dialihkan ke pekerjaan yang memang masih membutuhkan sentuhan manusia," tutur Awaluddin, Minggu (13/10).

Robotic scrubber drier yang ada Terminal 3 adalah kombinasi dari solusi pintar dan teknologi paling mutakhir di pasar. Tidak hanya mampu membersihkan lantai secara sempurna, robot ini juga dapat bekerja sangat cepat.

Peralatan otonom ini dilengkapi sistem telemetri guna memastikan software melakukan komunikasi dengan berbagai sonar, laser, dan sensor guna memastikan robot tersebut bermanuver dengan aman serta menghindari halangan ketika tengah bertugas membersihkan lantai.

Sementara itu, sumber enegi peralatan otonom ini berasa dari baterai berkapasitas maksimal 180 Ah dengan durasi (battery run time) adalah 4 jam. Peralatan ini menggendong tangki yang dapat menampung 90 liter air dan memiliki dua unit sikat.

Muhammad Awaluddin mengatakan Angkasa Pura II saat ini juga tengah mempertimbangkan penggunaan lebih banyak peralatan otonom di bandara-bandara perseroan. Misalnya, peralatan otonom untuk mengatur, mengambil, dan merapikan trolley bagasi di terminal penumpang pesawat.

 

Bandara Soekarno Hatta Terminal 3.

Selain itu, baggage towing tractor [BTT] yang saat ini membutuhkan pengemudi akan dipertimbangkan untuk menjadi tanpa awak atau otonom. BTT sendiri adalah kendaraan penarik bagasi penumpang pesawat dari make up area di terminal menuju pesawat dan sebaliknya.

"Kami juga membuka kemungkinan penggunaan drone otonom untuk membersihkan foreign object debris [FOD] atau serpihan benda asing yang ada di runway. Dengan drone otonom kami berharap pembersihan FOD di runway dapat lebih cepat dan optimal," jelas Muhammad Awaluddin.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menjelaskan bahwa peralatan otonom pembersih lantai di Terminal 3 beroperasi dengan tetap memastikan faktor keselamatan dan keamanan.

"Guna memastikan keselamatan dan keamanan, operasional dari peralatan otonom pembersih lantai ini senantiasa disupervisi oleh tim Angkasa Pura II. Peralatan otonom dan personil kebersihan akan saling melengkapi sehingga kebersihan Terminal 3 dapat terjaga dengan sempurna," paparnya.

Selain di Soekarno-Hatta, robotic scrubber drier ini kemungkinan juga akan akan ditempatkan di bandara-bandara lain di bawah Angkasa Pura II.

Adapun selain peralatan otonom untuk membersihkan lantai, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini juga memiliki robot Dilo yang bertugas layaknya personil customer service.

Dilo memiliki bentuk fisik mungil, berwarna putih, dengan dua tangan yang selalu merespons ketika diajak berinteraksi. Robot ini dapat membantu penumpang pesawat memberikan petunjuk atau informasi seputar bandara.

Lebih dari itu, Dilo juga memiliki fitur multimedia (musik, video, dokumen) sehingga dapat juga menghibur traveler di terminal.

"Angkasa Pura II kini memang tengah mengarah untuk memanfaatkan sejumlah fasilitas otonom dalam meningkatkan pelayanan di bandara-bandara termasuk Soekarno-Hatta. Selain pembersih lantai dan Dilo, kami juga memiliki Digital Wayfinding yang dapat secara otomatis menunjukkan jalan di terminal kepada traveler," jelas Agus Haryadi.

Bandara Soekarno Hatta Terminal 3.

Adapun di area bagasi, conveyor belt di Terminal 3 Soekarno-Hatta juga sudah dilengkapi dengan alat otonom Baggage Lifting Equipment untuk menarik bagasi milik penumpang pesawat untuk diteruskan ke baggage claim area supaya bisa dengan cepat diambil pemilik bagasi tersebut.

Agus Haryadi menambahkan operasional Skytrain yang merupakan kereta berbasis listrik di dalam kawasan Soekarno-Hatta, ke depannya juga akan tanpa kehadiran awak alias beroperasi secara otonom.

"Saat ini Skytrain yang menghubungkan Terminal 1, 2, 3 dan stasiun kereta bandara masih beroperasi dengan pengemudi. Ke depannya Skytrain ini akan berjalan sendiri atau otonom dalam melayani mobilitas penumpang di dalam kawasan Soekarno-Hatta."

Di samping berbagai peralatan otonom yang berwujud itu, Angkasa Pura II juga memiliki layanan asisten virtual TASYA (Travel Assistance System Angkasa Pura II). TASYA adalah layanan chatbot berbasis artificial intelligence yang dapat menjawab pertanyaan traveler terkait bandara-bandara di bawah Angkasa Pura II.

Angkasa Pura II merupakan operator bandara yang saat ini dikenal sebagai trendsetter pengembangan bandara berbasis teknologi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan acungan jempol buat komitmen yang diperlihatkan Angkasa Pura II.

"Saya tidak meragukan komitmen PT Angkasa Pura II. Mereka selalu menghadirkan inovasi. Khususnya di Bandara Soekarno Hatta. Hasilnya, Bandara Soekarno Hatta bukan hanya terlihat megah. Tetapi juga sangat modern. Seluruh pengunjung akan senang bisa berada di bandara ini," paparnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJS Ketenagakerjaan dan BTN Siapkan Perumahan untuk Pegawai Peruri

Posted: 13 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan BTN membangun perumahan pekerja untuk pegawai Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Kerja sama ini dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) Antara Perum Percetakan Uang RI, BPJS Ketenagakerjaan dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Tentang Pemberian Manfaat Layanan Tambahan Berupa Fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah Dan Pinjaman Renovasi Perumahan Bagi Karyawan.

PKS ini ditandatangani langsung oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto; Direktur Utama Perum Peruri, Dwina S Kencana Wati; dan Direktur Consumer Banking PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., Budi Satria di Kantor Pusat Peruri, Jakarta, Kamis (10/10).

"Ini adalah salah satu wujud nyata Manfaat Layanan Tambahan (MLT) BPJS Ketenagakerjaan yang langsung dirasakan oleh peserta berupa Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja (FPPP) yang dapat dinikmati oleh seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan masa kepesertaan aktif selama 1 tahun, tertib administrasi kepesertaan, dan tidak menunggak iuran," ungkap Agus

Dalam projek FPPP ini BPJS Ketenagakerjaan berperan sebagai penyuntik dana kepada BTN untuk pembangunan rumah bagi pegawai Peruri sebanyak 66 unit di atas lahan seluas 6.233 m2 yang berlokasi di Kecamatan Teluk Jambe, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Manfaat layanan tambahan FPPP BPJS Ketenagakerjaan dimaksudkan untuk meringankan beban pekerja dalam memiliki hunian pribadi dalam beberapa jenis fasilitas, yaitu Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjamam Renovasi Rumah (PRP), dan Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja / Kredit Konstruksi (FPPP/KK).

"Selain program FPPP, manfaat layanan tambahan BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan manfaat keseharian atau program Co-Marketing berupa potongan harga di lebih dari 2000 merchant kerjasama di seluruh Indonesia, cukup dengan menunjukkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang saat ini telah tersedia dalam bentuk kartu digital yang terdapat di aplikasi BPJSTKU," tambah Agus.

"Manfaat layanan tambahan ini juga sebagai bentuk komitmen kami mendukung program sejuta rumah milik pemerintah dan kami berharap program ini dapat membantu mewujudkan mimpi pekerja memiliki tempat tinggal pribadi dan meringankan beban pekerja dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari khususnya bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan," tutup Agus.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Antisipasi Demo Ruas Jalan Menuju Senayan Ditutup

Posted: 13 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah ruas jalan menuju Senayan khususnya gedung MPR/DPR ditutup polisi. Para pengendara diarahkan ke sejumlah ruas jalan alternatif. Akibatnya terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan alternatif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Konsep Listrik Lexus Tebar Pesona, Intip Bocorannya

Posted: 13 Oct 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lexus rupanya sedang menyiapkan mobil konsep bertenaga listrik untuk dipamerkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Hal tersebut terlihat dari teaser mobil listrik konsep dalam akun Youtube Toyota Motor Corporation. Nantinya, EV (electric vehicle) ini akan bernama Lexus BEV Concept.

Dari video tersebut terlihat bahwa Lexus BEV Concept akan memiliki LED DRL tipis. Lampu tersebut berlanjut ke bumper yang terletak di bawahnya.

Berkat lampu itu, Lexus sukses memunculkan aura modern dan futuristis khas mobil konsep. Hanya saja, komponen lainnya masih belum diperlihatkan.

Begitu juga dengan jenis dan spesifikasi Lexus BEV Concept. Yang jelas, mobil ini akan terlahir sebagai kendaraan full-electric bertenaga baterai dengan kemewahan khas anak perusahaan Toyota tersebut.

Namun, mengutip dari Carscoops.com, salah seorang juru bicara Lexus mengungkap bahwa BEV Concept merupakan cikal bakal mobil listrik mereka di era elektrifikasi dan sistem berkendara otonom.

sumber: Otosia.com

Ternyata, Mobil Mewah Lexus Bisa Servis di Auto2000

Ada satu hal yang menarik saat berkunjung ke dealer Auto2000 HR Muhammad Surabaya, yaitu kehadiran satu stall khusus untuk mobil Lexus. Rupanya, Auto2000 menerima mobil mewah Lexus untuk servis rutin.

Hal tersebut dibenarkan oleh Andreas Totok, Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya. " Pada dasarnya teknisi kami sudah dilatih untuk servis mobil Toyota dan memiliki kemampuan untuk menangani mobil Lexus," ungkap Totok saat media gathering Auto2000 di Surabaya.

 

 
 

 

Ya, Lexus merupakan divisi mobil mewah milik Toyota, sehingga teknisi Toyota pun sudah dilatih agar mampu menangani mobil Lexus. Hanya saja, untuk pemilik mobil Lexus tak bisa langsung servis, karena harus booking terlebih dahulu.

" Untuk mobil Lexus, konsumen konsultasi terlebih dahulu ke Lexus pusat di Jakarta. Nanti suku cadang akan dikirimkan ke bengkel Auto2000 yang dituju, misalkan saja ke Surabaya. Konsumen Lexus pun tak dikenakan biaya, karena Lexus yang masih dalam masa garansi, biaya suku cadang dan jasa masih di-cover," sambung Totok.

Tak hanya mobil mewah Lexus, mobil berjenis hybrid pun bisa diservis di Auto2000 tanpa ada kendala. Totok mengaku pernah mendapat konsumen Toyota Camry hybrid yang baterainya sudah harus diganti. "Waktu itu kita pernah ganti baterai Camry hybrid, biaya baterai plus jasa mencapai 60 juta rupiah. Untuk baterai limbah kita serahkan ke TAM, karena di kita belum ada fasilitas pengolahan limbah baterai," pungkas Totok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: China Denda Penyeberang Jalan Sambil Main HP

Posted: 13 Oct 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pejalan kaki yang gunakan telepon seluler saat menyeberang jalan akan didenda Rp141 ribu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IMA 2019 Ajak Generasi Milenial Mencintai Museum

Posted: 13 Oct 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang tahunan yang memberikan penghargaan terhadap pengelola museum dan tokoh permuseuman, Indonesia Museum Awards (IMA) kembali digelar. Perhelatan yang digagas Komunitas Jelajah dan dimulai sejak 2012 itu, tahun ini diselenggarakan di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, 13 Oktober 2019.

Ketua Pelaksana IMA 2019 yang juga pendiri Komunitas Jelajah, Musiana Yudhawasthi menjelaskan selama tujuh tahun terakhir ini IMA memang telah berkembang menjadi ajang prestisius di bidang apresiasi terhadap permuseuman di Tanah Air.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan penghargaan terhadap tokoh, pengelola museum dan pekerja di bidang sejarah, kepurbakalaan dan permuseuman ini diharapkan bisa meningkatkan apresiasi masyakarat terhadap sejarah, kepurbakalaan, permuseuman dan para pecinta warisan budaya.

"Yang terpenting ajang ini diharapkan mampu menginspirasi generasi muda untuk terus belajar dan mencintai warisan budaya bangsa melalui museum. Karena lewat museum kita seperti bisa pergi ke berbagai negara dan berkunjung ke masa lalu," ucap Musiana dalam kata sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Musiana mengungapkan belakangan ini cukup banyak generasi milenial yang menyukai museum.

"Di Malang, ada anak muda yang memilih menjadi penggiat museum daripada kerja kantoran. Lalu di Jakarta ada beberapa museum yang dikelola oleh anak muda atau generasi milenial. Begitu juga dengan acara ini yang juga banyak melibatkan generasi milenial," tuturnya.

Museum Sebagai Pusat Budaya

Indonesia Museum Awards 2019. (Liputan6.com/Henry)

Di tahun ini, IMA mengangkat tema 'Museum as a Cultural Hubs and the Future of Tradition'. Menurut Ketua Dewan Juri IMA 2019, Prof Dr Wiendu Nuryanti, tema tersebut museum diharapkan bisa menjadi pusat budaya sekaligus menjadi harapan bagi masa depan perkembangan beragam tradisi yang ada di masyarakat.

Selain Wiendu, Dewan Juri terdiri dari Prof Dr Ir Indroyono Soesilo, Anggit Hernowo, Yuliandre Darwis dan Samuel Wattimena. Acara IMA 2019 juga dihadiri Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Wardiman Djojonegoro yang pernah mendapatkan penghargaan khusus di IMA sebagai tokoh peduli museum.

IMA 2019 mengumumkan pemenang dalam lima kategori nominasi dan dua piala khusus. Mereka yang menjadi pemenang adalah; Media Peduli Museum (pemenangnya, detik.com), Museum Cerdas (Museum Imeri FKUI Jakarta), Museum Bersahabat (The Blanco Renaissance Museum, Bali), Museum Unik (Museum Patung Burung Universitas Udayana, Bali), Museum Lestari (Museum Gudang Ransum Sawahlunto, Sumatera Barat).

Lalu ada penghargaan khusus Special Guest Peduli Museum yaitu Lisa Ayudya dan artis Olivia Zalianty. Satu lagi penghargaan khusus berupa Pengabdian Sepanjang Hayat diberikan pada Toety Heraty Rosseno. Ia adalah seorang dosen, penulis dan penyair yang sangat peduli pada perkembangan museum di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Ampuh Tanamkan Nilai Pancasila ke Generasi Milenial

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Di tengah gempuran pemikiran dari kiri dan kanan, bukan hal mudah mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Terlebih saat ini kampanye pemikiran ekstrem kiri dan kanan sangat kentara di media sosial, ruang cyber di mana generasi milenial kerap menghabiskan waktu.   

Berangkat dari persoalan itu, Komunitas Pancasila Muda punya formula khusus untuk memperkenalkan kembali nilai Pancasila kepada generasi milenial, yaitu Sekolah Pancasila yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Dedi Triadi, Kepala Sekolah Pancasila Muda mengatakan, sekolah ini untuk memancing kepedulian generasi milenial agar menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan bermedia sosial secara bijak.

Tak hanya itu, para peserta juga diharapkan dapat menerapkan dan menyebarkan nilai-nilai Pancasila melalui media sosial. Misalnya, membuat konten-konten positif yang mencerahkan.

"Kita hanya memacu anak muda untuk menerapkan nilai Pancasila secara sederhana. Materinya sederhana, tidak terlalu rumit harus menghafalkan 36 butir Pancasila," terang Dedi di sela kegiatan Sekolah Pancasila Muda di Bogor, Minggu (13/10/2019).

Menurutnya, para peserta nantinya hanya cukup membiasakan diri menjalankan pikiran dan memainkan jemarinya dengan membuat konten-konten menarik namun positif, dan di dalamnya tertuang nilai-nilai Pancasila.

"Setelah ikut kegiatan ini peserta harus update status, ngevlog tentang nilai Pancasila dan membuat konten tentang Pancasila. Nanti kita pantau sejauhmana sih konten itu menjadi perhatian publik," katanya.

Menurut Dei, cara tersebut dinilai efektif dalam menanamkan nilai Pancasila di era milenial seperti saat ini. Contohnya, para peserta angkatan pertama sudah mengaplikasikan nilai Pancasila melalui berbagai gerakan kemanusiaan, seperti penggalangan dana untuk membantu meringankan korban bencana di Tanah Air.

"Kita memang pacu disitu membuat aksi baik secara online maupun offline. Angkatan pertama sudah ada koordinatornya, mereka rutin melakukan kopi darat atau pertemuan membahas perkembangan konten-konten yang berkaitan dengan Pancasila," katanya.

Sementara itu, pada agenda Sekolah Pancasila Muda yang kedua ini diselenggarakan di Hotel Permata, Kota, Bogor. Dihadiri sebanyak 85 peserta anak muda dari berbagai daerah dan latar belakang. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, hingga vloger. Para pemateri berasal dari berbagai kalangan mulai pelaku medsos, praktisi pemerintahan, hingga jurnalis. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kepribadian Berdasarkan Celana Dalam Favorit

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui bagaimana kepribadian seseorang tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya melakukan tes sederhana atau dilihat dari bagian tubuh orang tersebut.

Namun sudahkah Anda mengetahui bahwa kepribadian wanita juga dapat ditebak dari model celana dalam kesukaan?

Artikel tentang menebak kepribadian dari model celana dalam favorit menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan kisah pasangan menikah dengan modal Rp 5,5 juta saja.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang aksi nekat Youtuber makan mi pakai deterjen.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Menebak Kepribadian dari Model Celana Dalam Favoritmu

Ilustrasi Foto Celana Dalam Wanita (iStockphoto)

Model-model celana dalam tertentu yang menjadi pilihan utamamu, dapat memberitahukan sedikit sifat yang ada dalam dirimu. Penasaran seperti apa kepribadianmu dilihat dari model celana dalam favoritmu?

Selengkapnya...

2. Viral Kisah Pasangan Gelar Pesta Pernikahan dengan Modal Rp 5,5 Juta

Sumber: Twitter

Pernikahan menjadi salah satu momen bahagia yang dinantikan setiap pasangan kekasih. Namun, ada saja kendala segelitir pasangan untuk melangsungkan pernikahan, salah satunya biaya pernikahan yang tidak sedikit.

Namun, pasangan bernama Satrio dan Karin ini membuktikan bahwa melangsungkan pernikahan tidak melulu meriah dan mewah. Mereka hanya menggelar pernikahan secara sederhana dan minimalis. 

Selengkapnya...

3. Demi Konten, Pria Ini Nekat Makan Mi Instan Pakai Deterjen

Sumber: Youtube

Ada saja ulah unik dan konyol seseorang demi membuat konten menarik sehingga menjadi sorotan dan viral di jejaring sosial. Hal tersebut pun dilakukan seorang pria yang juga menjadi Youtuber ini. 

Dalam unggahannya terlihat, pria ini nekat makan mi instan yang dicampurkan deterjen sebagai pelengkapnya. Pertama-tama ia terlihat menuangkan deterjen ke dalam mi instan, kemudian memakannya dengan antusias. Namun, saat mulutnya sudah mengeluarkan busa, pria berkacamata itu segera memuntahkan mi tersebut.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Kualifikasi Piala Eropa 2020 Dinihari Nanti

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Kualifikasi Piala Eropa 2020 kembali digelar dinihari WIB nanti. Sejumlah tim besar akan berjuang untuk merebut tiket tersisa ke Piala Eropa tahun depan.

Inggris akan menantang Bulgaria dinihari WIB nanti. Kemenangan dibutuhkan The Three Lions jika ingin lolos.

Apalagi poin mereka kini disamai oleh Republik Ceko di Grup A. Inggris hanya unggul selisih gol dan punya poin 12.

Tim besar lain yang akan bertanding di Kualifikasi Piala Eropa 2020 adalah Prancis. Olivier Giroud dan kawan-kawan akan menantang Turki.

Berikut jadwal Kualifikasi Piala Eropa 2020 selengkapnya:

 

 

Jadwal

Ilustrasi Sepak Bola

Selasa, 15 Oktober 2019

01.45 WIB, Kosovo Vs Montenegro

01.45 WIB, Bulgaria Vs Inggris

01.45 WIB, Ukraina Vs Portugal

01.45 WIB, Lithuania Vs Serbia

01.45 WIB, Moldova Vs Albania

01.45 WIB, Islandia Vs Andorra

01.45 WIB, Prancis Vs Turki

23.00 WIB, Finlandia Vs Armenia

Jadwal Selanjutnya

Rabu, 16 Oktober 2019

01.45 WIB, Swiss Vs Republik Irlandia

01.45 WIB, Gibraltar Vs Georgia

01.45 WIB, Swedia Vs Spanyol

01.45 WIB, Rumania Vs Norwegia

01.45 WIB, Kep Faroe Vs Malta

01.45 WIB, Israel Vs Latvia

01.45 WIB, Liechtenstein Vs Italia

01.45 WIB, Yunani Vs Bosnia Herzegovina

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bentuknya Seperti Tumor, Labu Buruk Rupa Diminati Jelang Halloween

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di negara-negara Barat, labu identik dengan perayaan Halloween pada akhir Oktober. Labu-labu besar dengan bulat sempurna paling dicari saat perayaan Halloween. Tapi kini, labu dengan bentuk "buruk rupa" justru lebih diminati masyarakat.

Orang-orang dengan bangga memamerkan labu dengan permukaan kulit tidak rata atau benjolan-benjolan kehijauan atau cokelat menyerupai tumor di Instagram.

"Semua orang ingin bentuk-bentuk yang aneh," ujar Tim Stanton, pemilik perkebunan Stanton's Feura Farm. Stanton telah menanam 21 jenis labu di kebunnya.

Menurut Stanton, ada varietas lain yang tengah dikembangkannya. Jenis labu itu disebut lunch lady. "Itu adalah labu berbentuk paling jelek yang pernah Anda lihat seumur hidup," ujarnya, melansir laman New York Post.

 

Labu Berkutil Dianggap Cocok untuk Halloween

Profesor bidang hortikultura Stephen Reiners dari Cornell University mengatakan, budidaya yang dilakukan telah menghasilkan varietas liar karena publik selalu mencari tumbuhan yang berbeda.

"Tiga puluh tahun lalu, kita hanya sesekali melihat tumbuhan yang bentuknya aneh. Biasanya hal itu terkait dengan virus tanaman," ujar Reiners. "Dan tak ada yang mau tanaman tersebut," lanjutnya.

Saat ini, tumbuhan dengan bentuk-bentuk anehlah yang diminati. Orang-orang di AS rela mencari-cari bentuk labu unik demi perayaan Halloween. Dan labu berbentuk tak keruan di pusat belanja Union Square diincar warga.

"Bentuknya benar-benar mengerikan," ucap Matt Stromberg, warga Manhattan.

Banyak warga lain yang juga sepakat bahwa labu dengan bintil-bintil serupa kutil sangat cocok untuk hiasan Halloween. Itu karena para penyihir selalu digambarkan memiliki kutil di wajah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Digugat Gara-Gara Logo Calibra Mirip Perusahaan Lain

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook kian serius dengan program mata uang digital mereka, yakni Libra. Libra bakal dibantu dengan produk dompet digital bernama Calibra.

Facebook juga telah mengumumkan logo Calibra. Namun, logo ini mirip dengan logo perusahaan keuangan lainya, Current.

Mengutip laman The Verge, Senin (14/10/2019), Current melayangkan gugatan melawan Facebook terkait dengan pelanggaran merek dagang Calibra.

Gugatan ini dilayangkan kepada empat perusahaan tergugat, yakni Facebook, Calibra, anak usaha Facebook yang memiliki IP terkait dengan Calibra, serta Character. Character merupakan perusahaan desain yang membuat logo Calibra.

Konyolnya, desain logo Calibra yang dianggap serupa dengan logo Current ini, rupanya memang sama-sama digarap oleh Character.

Kedua logo ini diciptakan dengan perbedaan waktu tiga tahun lamanya. Current mengklaim, mereka sudah memakai logonya sejak Agustus 2016. Sementara, logo untuk Calibra baru diumumkan Juni 2019.

Logo Amat Mirip

Mata uang digital Libra garapan Facebook

"Sangat mencurigakan bahwa logo terdakwa dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang menciptakan logo milik penggugat," kata mitra Departemen Kekayaan Intelektual Pepper Hamilton, Howard Shire.

Soal kelanjutan gugatan ini, masih harus dinanti detailnya. Apalagi, untuk mengetahui persis mengapa kedua logo perusahaan tersebut sangat mirip.

Ada kemungkinan tim desain yang membuat logo Calibra dan Current adalah orang yang berbeda. Lucunya, Facebook tak tahu bahwa logonya sama dengan Current.

Meski begitu patut diakui kalau kesamaan desain memang terlihat dari kedua logo perusahaan keuangan tersebut.

Libra Ditinggal Perusahaan Keuangan

Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Sebelumnya, mata uang digital milik Facebook, Libra, ditinggalkan oleh sejumlah perusahaan keuangan besar seperti Mastercard dan Visa.

Kedua perusahaan besar bidang pembayaran itu mengumumkan bahwa mereka akan meninggalkan Asosiasi Libra.

Mengutip laman Reuters, Sabtu (12/10/2019), selain Mastercard dan Visa, perusahaan lain juga ikut meninggalkan Libra, yakni EBay Inc, Stripe Inc, dan perusahaan pembayaran Amerika Latin Mercado Pago.

Kelima perusahaan pembayaran ini bergabung dengan PayPal Holdings Inc yang telah lebih dahulu keluar dari asosiasi minggu lalu.

Hengkangnya sejumlah mitra dari asosiasi Libra ini lantaran regulator global terus menyuarakan kekhawatiran atas proyek Libra.

Keluarnya Mastercard cs dari Asosiasi Libra membuat asosiasi itu kini tak lagi memiliki rekan pembayaran besar yang tersisa sebagai anggota.

Artinya, Libra tak bisa mengandalkan para pemain global untuk membantu konsumen mengubah mata uang mereka menjadi Libra dan memfasilitasi transaksi.

"Visa memutuskan tidak bergabung dengan Asosiasi Libra untuk saat ini," kata Visa dalam pernyataan perusahaan.

Mereka menyebut akan mengevaluasi kondisi selanjutnya. "Keputusan kami akan ditentukan dari sejumlah faktor, termasuk kemampuan asosiasi untuk memenuhi keinginan regulator," kata Visa.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkasa Pura I Resmi Kelola Bandara Sentani Jayapura

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) resmi mengelola Bandara Sentani Jayapura melalui mekanisme Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dengan Kementerian Perhubungan.

Penandatanganan KSP ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi di Jakarta, Minggu (13/10/2019) dan disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Penandatanganan KSP ini merupakan wujud Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Dengan demikian saat ini terdapat 15 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I.

 

Ruang lingkup kerja sama ini yaitu terkait pengelolaan, optimalisasi, dan pengembangan Bandara Sentani dalam rangka meningkatkan perannya untuk kegiatan perekonomian oleh Angkasa Pura I sebagai badan usaha yang diamanatkan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk mengelola bandara tersebut.

Sebagai pengelola, Angkasa Pura I berkewajiban memberikan kontribusi tetap dan pembagian keuntungan setiap tahunnya kepada Pemerintah. Periode kerja sama ini berlangsung selama 30 tahun.

"Amanat ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Angkasa Pura I untuk dapat berkontribusi lebih besar terhadap peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah timur Indonesia, khususnya Papua, karena Bandara Sentani merupakan entry point sekaligus hub bagi distribusi kargo dan penumpang di Papua," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Angkasa Pura I juga akan segera melakukan pengembangan Bandara Sentani dalam waktu dekat, baik pengembangan di sisi udara (airside) maupun di sisi darat (landside).

Untuk tahap awal, Angkasa Pura I menyiapkan dana pengembangan sekitar Rp 500 miliar untuk melakukan peningkatan PCN landas pacu (runway) agar pesawat berbadan besar dapat mendarat.

Selain itu, dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, juga akan dilakukan penataan dan pengembangan Iandside, baik terminal penumpang maupun area parkir kendaraan.

Apresiasi dari Menhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi mengapresiasi penandatangan KSP ini dan berharap Angkasa Pura I dapat menunjukkan profesionalitas dalam mengelola bandara yang diserahkan oleh pemerintah.

"Saya berharap Angkasa Pura I dapat menujukkan profesionalitasnya kepada khalayak bahwa proses yang diminta oleh Pak Presiden ini memang tepat dan dapat memberi kemanfaatan kepada Papua. Semoga apa yang kita lakukan ini bermakna untuk bangsa dan menjadi lebih baik lagi," tambah Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Profil Singkat Bandara Sentani JayapuraBandara Sentani Jayapura pada 2018 lalu melayani sebanyak 2,1 juta penumpang dan 62 ribu pergerakan pesawat.

Bandara Sentani melayani 20 destinasi dengan maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Trigana, NAM Air, Susi Air, Cardig Air, dan Dimonim Air dengan waktu operasional dari pukul 05.00 hingga 20.00 WIT.

Untuk fasilitas sisi udara, Bandara Sentani memiliki landas pacu dimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller). Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER. Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 6 Momen Kebersamaan Yuki Kato Bareng Sang Ayah

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak seleb Tanah Air yang ternyata miliki darah campuran antara Indonesia dan luar negeri. Adanya garis keturunan Jepang, membuat seleb-seleb ini memiliki aksen wajah rupawan khas wanita-wanita di Jepang pada umumnya. 

Sosok seleb cantik Yuki Kato adalah salah satu artis Indonesia yang memiliki darah blasteran Jepang. Yuki Kato lahir dari pasangan Takeshi Kato dan Twinawati. Ayah Yuki Kato merupakan orang Jepang, Takeshi Kato. Sedangkan ibunya Twinawati yang berasal dari Malang.

Pada tahun 2018 lalu saat Yuki Kato berumur 23 tahun iapun memutuskan untuk memilih kewarganegaraan Indonesia. Bukan sekedar asal pilih, Yuki sudah memikirkan hal ini secara matang. Ia juga telah mendiskusikan hal ini bersama kedua orangtuanya.

Meskipun begitu, hubungan seleb cantik Yuki Kato dengan ayahnyapun tetap berjalan dengan baik. Bahkan Yuki Kato sering kali bolak balik Indonesia-Jepang untuk bertemu dengan ayahnya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 momen Kebersamaan Yuki Kato dengan ayahnya yang orang Jepang, Senin (14/10/2019).

1. Yuki Kato artis berdarah campuran Indonesia dan Jepang.

Momen Kebersamaan Yuki Kato Dengan Ayahnya Orang Jepang (sumber:Instagram/yukikt)

2. Ayah Yuki Kato merupakan orang Jepang, Takeshi Kato. Sedangkan ibunya Twinawati yang berasal dari Malang.

Momen Kebersamaan Yuki Kato Dengan Ayahnya Orang Jepang (sumber:Instagram/yukikt)

3. Pada tahun 2018 lalu saat Yuki Kato berumur 23 tahun iapun memutuskan untuk memilih untuk memegang kewarganegaraan Indonesia.

Momen Kebersamaan Yuki Kato Dengan Ayahnya Orang Jepang (sumber:Instagram/yukikt)

4. Namun, Yuki bersama ibu dan adiknya sering bolak balik Indonesia-Jepang untuk bertemu ayahnya.

Momen Kebersamaan Yuki Kato Dengan Ayahnya Orang Jepang (sumber:Instagram/yukikt)

5. Yuki Kato bersama ayah dan ibunya serta adiknya juga sering pergi liburan bersama.

Momen Kebersamaan Yuki Kato Dengan Ayahnya Orang Jepang (sumber:Instagram/yukikt)

6. Momen saat Yuki Kato bersama ayah Takeshi Kato berjalan di Jepang.

Momen Kebersamaan Yuki Kato Dengan Ayahnya Orang Jepang (sumber:Instagram/yukikt)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Berbagai Penampakan Bumi di Masa Lalu Bikin Penasaran

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - 10 penampakan bumi di masa lalu, 5 orang tewas karena Topan Hagibis, hingga 5 kisah tragis selebritas yang dibunuh penggemarnya menjadi tiga berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com.

Pertama adalah penampakan bumi di masa lampau hingga menyerupai alien. Artikel berikutnya mengenai dampak Topan Hagibis yang melanda Jepang mengakibatkan 5 orang tewas dan 50 ribu warga lainnya terpaksa mengungsi.  

Kemudian, artikel yang paling banyak dibaca lainnya adalah mengenai 5 kisah tragis selebritas yang dibunuh penggemarnya. 

Berikut artikel lengkap Top 3 di kanal Global Liputan6.com edisi Senin (14/10/2019):

 

1. 10 Penampakan Bumi pada Masa Lampau, Terlihat Seperti Planet Alien?

Ilustrasi Bumi (NASA)

Planet Bumi telah melewati berbagai macam perubahan selama 4,5 miliar tahun, bahkan wujudnya yang amat aneh mungkin tidak pernah terpikirkan oleh siapapun. 

Tak hanya bentuk Bumi yang aneh, namun juga jenis binatang yang aneh kini sudah tak lagi tampak. Berikut 10 penampakan aneh di Bumi jutaan tahun lalu, beberapa unsur bahkan mencerminkan Bumi bak sebuah planet alien pada film-film populer...

Berita selengkapnya…

2. 5 Orang Tewas dan 50.000 Warga Mengungsi Akibat Topan Hagibis di Jepang

Dua orang pria melihat ombak yang menerjang daratan di sebuah pelabuhan di Kota Kiho, Prefektur Mie, Jepang, Jumat (11/10/2019). Topan Hagibis yang diprediksi akan menerjang Jepang juga membawa angin serta hujan pada Sabtu mendatang. (AP Photo/Toru Hanai)

Lima orang tewas dan beberapa lainnya hilang akibat bencana Topan Hagibis di Jepang akhir pekan ini --yang disebut-sebut sebagai badai terburuk sejak 60 tahun terakhir yang pernah melanda Negeri Sakura.

Topan Hagibis merapat ke Jepang sebelum 19:00 waktu setempat (10:00 GMT) pada Jumat 11 Oktober 2019, di Semenanjung Izu, barat daya Tokyo. Saat ini, badai tersebut bergerak ke pantai timur pulau utama Jepang, dengan kecepatan angin 225 km / jam (140 mph).

Berita selengkapnya…

3. 5 Kisah Tragis Selebritas yang Dibunuh oleh Penggemarnya

Rupanya, beberapa penyanyi ternama dunia ini tewas ditembak. Siapa saja mereka? (AP Files)

Seperti kata pepatah, "ada garis tipis antara cinta dan benci." Sebagian besar dari kita, pada satu waktu atau lain, telah menemukan diri kita terobsesi dengan selebritas tertentu. 

Apakah itu hanya hanya suka atau kekaguman atas pekerjaan mereka. Menjadi seorang artis memang menjadi kelemahan. Dari gangguan privasi, perhatian yang tidak diinginkan, bahkan momen memalukan dapat dilihat seluruh dunia. 

Berita selengkapnya…

 

 

 

Penulis: Hugo Dimas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tangis Kesedihan di Peringatan 17 Tahun Tragedi Bom Bali

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tangis dan kesedihan terasa di monumen Ground Zero saat acara peringatan tragedi bom Bali digelar. Keluarga dan korban selamat ingin menebar rasa damai untuk hidup di Bali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi dan TNI Bersatu Jaga Papua Tetap Kondusif Usai Penusukan di Wamena

Posted: 13 Oct 2019 09:00 PM PDT

Fokus, Papua - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam 17 Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab, Minggu, 13 Oktober 2019 pagi tiba di Wamena setelah terjadi penusukan warga Toraja pada Sabtu, 12 Oktober 2019 malam.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (14/10/2019), usai pertemuan, Kapolda dan Pangdam menyatakan pelaku memanfaatkan situasi dan tempat yang tak dijaga aparat.

Pelaku juga ingin menganggu suasana yang sudah kondusif. Karena itu, petugas akan melakukan evaluasi dan sejumlah operasi termasuk mengambil tindakan tegas.

"Kami akan melakukan upaya-upaya membarrier, melakukan patroli-patroli yang sungguh-sungguh, sehingga terpadu, kemudian juga melakukan razia-razia terhadap pihak-pihak yang membawa senjata tajam dan lain sebagainya," kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

"Kita sudah komitmen juga bahwa kita tegas, tidak ada lagi kita melaksanakan tindakan-tindakan preventif. Tapi kalau ada kejadian yang kita hadapi, kita akan represif supaya situasi ini makin kondusif," ucap Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab.

Sementara itu, Polda Papua mengirimkan tim untuk membantu Polres Jayawijaya untuk mengungkap pelaku penikaman di Wamena. Tim dipimpin direktur reserse kriminal umum Polda Papua.

Diduga pelaku penusukan merupakan bagian dari kelompok yang membakar ruko-ruko di sekitar Kampung Woma pada kerusuhan 23 Sepember lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI: Crosshijaber Haram

Posted: 13 Oct 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jagat maya dihebohkan dengan fenomena crosshijaber. Mungkin banyak yang belum tahu apa itu crosshijaber. Rupanya ada komunitas, pria-pria yang suka berdandan layaknya wanita berhijab.

Mereka menggunakan baju muslim, dan seringkali model panjang dan lebar ala pakaian syar'i. Lengkap dengan hijab bahkan cadar. Sehingga seringkali tak ada yang tahu kalau sebenarnya mereka adalah pria.

Menanggapi fenomena crosshijaber tersebut, Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) menganggap hal itu suatu tindakan yang diharamkan dalam ajaran Islam.

"Ajaran Islam sejatinya melarang keras pria menyerupai wanita dan wanita menyerupai pria karena secara takdir dan syariat pria dan wanita adalah berbeda," tegas Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid saat dihubungi Liputan6.com, Senin (14/10/2019).

Menurut Zinut, Nabi Muhammad SAW sudah melarang hal ini sejak lama. Bahkan dalam beberapa hadis, kata Zainut, beliau menyebutkan bahwa Allah SWT melaknat kaum pria yang menyerupai wanita dan sebaliknya.

"Larangan tersebut sejak pada zaman Rasulullah SAW sebagaimana haditsnya: 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai laki-laki (HR. Imam Bukhori),'" kata Zainut.

Waspada

Ia pun menghimbau kepada seluruh pihak untuk mewaspadai fenomena tersebut. Mengingat belum diketahuinya motif dari mereka yang melakukan hal itu.

"Fenomena crosshijaber perlu diwaspadai apa motif gerakan ini? Apakah sekedar mode saja ataukah ada motif lain, misalnya kriminal, teror atau ingin merusak citra hijab itu sendiri," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mario Mandzukic Setuju Pindah ke MU?

Posted: 13 Oct 2019 08:55 PM PDT

Manchester- Penyerang Juventus, Mario Mandzukic, diklaim Sunday Express sudah mencapai kesepakatan personal dengan Manchester United (MU). Kini Setan Merah tinggal mencapai kesepakatan dengan Juventus.

Sejak Maurizio Sarri duduk di kursi pelatih Juve pada awal musim ini, Mario Mandzukic tersingkir dari tim utama. Penyerang berusia 33 tahun itu tidak diikutsertakan dalam daftar pemain I Bianconeri di Liga Champions musim ini.

Bukan hanya itu, dia juga belum pernah sekalipun membela Juventus di Serie A. Mandzukic kalah bersaing dengan Gonzalo Higuain untuk menempati pos di lini depan Tim Putih-Hitam.

Tak ingin menjadi penghangat bangku cadangan, Mario Mandzukic ingin angkat kaki dari Juventus. Penyerang Timnas Kroasia itu dikabarkan telah melakukan pembicaraan dengan klub asal Qatar dan juga tim dari MLS Amerika Serikat.

Akan tetapi, Mandzukic tidak mencapai kesepakatan dengan sejumlah klub tersebut. Pasalnya, mantan bomber Atletico Madrid itu masih ingin memperkuat satu di antara klub dari lima liga top Eropa.

Teranyar, MU masuk dalam daftar peminat Mario Mandzukic. MU membutuhkan pemain seperti Mandzukic untuk menggantikan peran Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez yang hengkang ke Inter Milan.

 

Capai Kesepakatan

Striker Juventus, Mario Mandzukic berpose dengan Piala Liga Italia Serie A di Stadion Allianz, Turin (19/5/2019). Juventus berhasil meraih 97 angka dengan unggul 11 angka dari Napoli yang berada di peringkat kedua. (AP Photo/Antonio Calanni)

Mandzukic pun telah sepakat untuk bergabung dengan MU. Rencananya, dia akan tiba di Old Trafford ketika busa transfer Januari 2020 dibuka.

Kehadiran Mario Mandzukic diharapkan dapat membawa dampak positif untuk Juventus. Apalagi, Mandzukic merupakan satu di antara bomber haus gol di Eropa. Sejauh ini, dia telah mendulang 188 gol dan 92 assist 476 pertandingan di seluruh ajang.

Kendati sudah tak lagi dibutuhkan Juventus, Manchester United tak bisa mendapatkan sang bomber secara cuma-cuma. Juventus baru akan melepas Mario Mandzukic ke MU dengan banderol 10 juta euro (Rp 156 miliar).

Sebab, Mandzukic masih terikat kontrak bersama La Vecchia Signora hingga 30 Juni 2021. Nilai itu pun lebih murah 5 juta euro dibandingkan dengan harga yang dipatok Juve untuk Mandzukic pada bursa transfer musim panas 2019.

Sumber: Sunday Express

Disadur dari Bola.com (penulis Rizki Hidayat/ Editor Aning Jati, Published 13/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Rajin Temui Tokoh Parpol, Presiden PKS: Jangan Ngambekan

Posted: 13 Oct 2019 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden PKS Sohibul Iman menghormati sikap sikap politik Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto yang rajin safari politik bertemu sejumlah pimpinan partai politik. PKS mengormati lantaran sudah mengetahuinya lama.

"Tidak ada masalah. Perlu diketahui, sekitar dua atau tiga pekan lalu, Pak Prabowo Subianto juga silahturahim kepada kami di kediaman Ustaz Salim (Salim Segaf Al-Jufri). Pak Prabowo menyampaikan apa-apa saja yang sudah dan akan beliau lakukan sebagai sikap politik Gerindra," kata Sohibul Iman kepada Liputan6.com, Senin (14/10/2019).

Di kesempatan tersebut, pihaknya diskusi banyak hal dan saling memberi masukan dan gagasan. "Tentu kami tidak ikut campur dengan sikap politik masing-masing," lanjut dia.

Dia menyadari, sekalipun berusaha berpolitik secara rasional, tapi sifat dasar manusia adalah tetap ada batasnya.

"Sehingga bisa saja sikap politik yang dianggap rasional oleh PKS, belum tentu dianggap rasional oleh Gerindra," ungkap Sohibul.

Karenanya, menurut Sohibul, yang pas adalah saling menghormati. "Jangan ada upaya-upaya reduksi seolah kalau gabung dengan pemerintah berarti begini, dan kalau tidak mau gabung berarti begitu. Itu childish," kata Sohibul.

Dia mengajak lebih baik dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Republik sudah 3/4 abad, masa perilaku politik seperti anak-anak yang di bawah seperabad. Jangan ngambekan," pungkas Sohibul Iman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Young Lex Membawa Nuansa Reggae Kedalam Lagu Terbarunya yang Berjudul “CIU”

Posted: 13 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samuel Alexander Pieter, atau akrab dikenal sebagai Young Lex, kembali menghadirkan karya terbarunya berupa single yang berjudul, "CIU".

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata "CIU"? Pastinya sebuah minuman keras tradisional yang popular di beberapa daerah di Indonesia. Dan pada kesempatan kali ini, Young Lex punya sebuah lagu bagi kalian semua yang suka "CIU".

Bukan menawarkan minuman beralkohol, Young Lex kembali hadir dengan lagu "CIU" yang merupakan kependekan dari "Cinta Ini Untukmu". Lagu yang dibawakan dengan irama reggae menceritakan tentang gombalan ala Young Lex kepada seorang gebetannya.

Lagu ini merupakan karya yang cukup unik mengingat beberapa lagu Young Lex sebelumnya lebih banyak mengungdang kontroversi. Penasaran seperti apakah lagu dan musik video terbaru dari Young Lex? Yuk, saksikan selengkapnya di channel Trinity Production hanya di Vidio.

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Wilayah di Jatim Bakal Alami Hari Tanpa Bayangan, Ini yang Harus Dilakukan Warga

Posted: 13 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) telah dan akan hadapi hari tanpa bayangan atau kulminasi. Hari tanpa bayangan ini terjadi mulai Jumat 11 Oktober 2019 di Jawa Timur.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto menuturkan, kulminasi merupakan fenomena biasa. Setiap tahun juga terjadi hari tanpa bayangan atau kulminasi.

Kulminasi ini saat posisi matahari tepat berada di atas kepala dan merupakan posisi terdekat. Teguh mengimbau, posisi matahari paling tinggi di atas langit akan tepat berasa di atas kepala pengamat.

Oleh karena itu, perlu diwaspadai potensi peningkatan suhu sekitar 0,5-1 derajat celsius dari normalnya yang berpotensi menyebabkan dehidrasi. "Tetap menjaga kondisi dengan asupan air yang cukup bagi tubuh," tutur dia saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Senin (14/10/2019).

Pada awal pekan ini, ada sekitar 12 wilayah yang akan alami hari tanpa bayangan. Mengutip instagram @infobmkgjuanda, wilayah di Jatim yang akan alami hari tanpa bayangan antara lain di Bondowoso pukul 11:10:51 WIB, Jember pukul 11:11:20 WIB, Lumajang pukul 11:13:14 WIB, Malang pukul 11:15:36 WIB, Kepanjeng pukul 11:15:53 WIB, dan Batu pukul 11:16:01 WIB.

Selain itu, di  Kanigoro pukul 11:17:15 WIB, Blitar pukul 11:17:28 WIB, Tulungagung pukul 11:18:32 WIB, Trenggalek pukul 11:19:17 WIB, Ponorogo pukul 11:20:17 WIB, dan Pacitan pukul 11:21:43 WIB.

Alasan Suhu Udara Surabaya Lebih Panas

Hari Tanpa Bayangan (pixabay.com)

Sebelumnya, Surabaya, Jawa Timur salah satu wilayah yang terkenal dengan cuaca panasnya. Pada awal Oktober 2019, suhu di Surabaya mencapai 35 derajat celsius.

Prakirawan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Toni Setiawan menuturkan, suhu panas tersebut karena Surabaya masih masuk musim kemarau. Selain itu, kondisi posisi matahari juga berada di sebelah selatan sehingga lebih panas dari biasanya. Pada Oktober 2019 juga merupakan puncak musim kemarau.

"Sejak September matahari bergerak ke arah selatan. Daerah selatan Pontianak, Jawa, Sulawesi bagian selatan dan Kalimantan bagian selatan," ujar Toni, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 11 Oktober 2019.

Toni mengatakan, suhu di Surabaya maksimal 37 derajat celsius. Surabaya juga akan alami hari tanpa bayangan pada 12 Oktober 2019, pukul 11.15.46 WIB. Pada hari tanpa bayangan atau kulminasi itu, matahari tepat berada di atas kita. Hal ini juga membuat suhu di Surabaya akan lebih panas.

"Relatif panas 1-1,5 derajat celsius. Posisi matahari di atas kita, dan tidak ada bayangan," ujar dia.

Toni menuturkan, saat hadapi hari tanpa bayangan waspadai dehidrasi dan air tanah akan turun. "Oleh karena itu waktu tepat untuk penggalian sumur," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI Dicopot Jabatan karena Unggahan Medsos Istri, Menhan: Itu Risiko

Posted: 13 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu buka suara soal pencopotan tiga personel TNI dari jabatannya. Tiga personel TNI tersebut dipecat karena unggahan negatif istrinya di media sosial mengenai penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto. 

"Itu, kan, risiko," kata Ryamizard di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/10/2019).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menilai wajar bila personel TNI dipecat dari jabatannya karena ujaran negatif sang istri. Sebab, apa yang dilakukan istri menjadi tanggung jawab suami. 

"Artinya dia tidak bisa mengendalikan istrinya. Istri itu, kan, harus dinasihati segala macam," ujarnya.

Ryamizard tak ambil pusing dengan kritikan pelbagai pihak yang menolak pemecatan tiga personel TNI itu. Menurut dia, institusi TNI memiliki aturan khusus dalam menindak personel yang tidak disiplin.

"Ada aturan disiplin," tegasnya.

Tiga istri anggota TNI mengunggah konten negatif terkait penusukan terhadap Wiranto. Akibatnya, tiga personel TNI tersebut mendapat saksi hukum dan dicopot dari jabatannya.

Ketiga anggota TNI tersebut adalah Peltu YNS, anggota POMAU Lanud Muljono Surabaya, Komandan Distrik Militer Kendari, Kolonel HS, dan Sersan Dua Z.

Tak hanya itu, ketiga istri anggota TNI itu pun dilaporkan ke polisi karena dianggap melanggar UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE.

 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyebab Kepala Pusing yang Tak Boleh Disepelekan, Kenali Gejalanya

Posted: 13 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kepala pusing bisa disebabkan banyak hal. Pusing mengacu pada serangkaian sensasi seolah-olah ruangan berputar, kehilangan keseimbangan, dan lemas. Penyebab kepala pusing bisa memengaruhi organ-organ sensorik, khususnya mata dan telinga, sehingga kadang-kadang dapat menyebabkan pingsan.

Pusing bukanlah penyakit, melainikan gejala yang mendasarinya. Penyebab kepala pusing berhubungan dengan lingkungan eksternal seseorang, obat yang diminum, atau kondisi medis yang mendasarinya. Penyebab kepala pusing bisa menandakan sebuah gangguan kesehatan.

Beberapa penyakit memiliki gejala kepala pusing. Penyakit-penyakit ini berkisar dari ringan hingga berat. Mengidentifikasikan penyebab kepala pusing bisa membuat Anda lebih waspada terhadap penyakit yang mendasari kondisi ini.

Pusing terkadang bisa hilang dengan sendirinya. Namun, penyebab kepala pusing tak boleh di anggap remeh. Jika pusing terus berlanjut dan tak kunjung hilang, hal ini tak boleh diabaikan. Berikut penyebab kepala pusing yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/10/2019).

Migrain

Migrain (Impact Photography/Shutterstock)

Migrain adalah jenis sakit kepala berulang yang dapat menyebabkan nyeri berdenyut atau berdenyut di satu sisi kepala. Migrain dapat menyebabkan rasa sakit berdenyut parah atau sensasi berdenyut, biasanya di satu sisi kepala. \

Migrain biasanya menghasilkan gejala yang lebih intens dan melemahkan daripada sakit kepala. Kadang-kadang, orang mengalami pusing sebelum timbulnya episode migrain.

Gejala neurologis lainnya, atau aura, dapat mendahului rasa sakit dari sakit kepala migrain. Aura dapat mencakup gangguan visual, seperti kilatan cahaya, kesemutan di satu sisi wajah, di lengan atau kaki dan kesulitan berbicara.

Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah (Ilustrasi/iStockphoto)

Penurunan tekanan darah yang tajam dapat menyebabkan sensasi pusing. Perubahan tekanan darah dapat terjadi setelah duduk atau berdiri terlalu cepat. Ini dapat menyebabkan penurunan angka sistolik pada tekanan darah, yang akan menyebabkan perasaan tidak stabil.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan perubahan tekanan darah termasuk dehidrasi, kehilangan darah, reaksi alergi yang parah, atau anafilaksis, dan kehamilan. Minum obat-obatan tertentu, seperti diuretik, beta-blocker, atau antidepresan, juga dapat menyebabkan perubahan tekanan darah.

Anemia

Anemia (Anton Watman/Shutterstock)

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kondisi yang disebut anemia, di mana tubuh tidak memiliki cukup darah yang kaya oksigen. Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin.

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi cukup hemoglobin untuk sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan gejala-gejala pusing, sesak napas, sakit dada, dan kelelahan.

Membuat perubahan pola makan tepat dan mengonsumsi suplemen zat besi dapat membantu mengobati bentuk anemia defisiensi besi ringan. Orang yang memiliki kekurangan zat besi parah mungkin memerlukan transfusi darah.

Hipoglikemia

Hipoglikemia, Ancaman untuk Penderita Diabetes

Hipoglikemia terjadi ketika glukosa darah, atau gula darah, turun di bawah tingkat normal. Penyebab hipoglikemia meliputi melewatkan makan, mengonsumsi alkohol, minum obat-obatan tertentu, seperti insulin atau aspirin dan mengalami ketidakseimbangan hormon.

Gejala hipoglikemia dapat muncul secara tiba-tiba dan bervariasi dalam tingkat keparahannya. Beberapa gejala ini termasuk pusing atau pusing, kehilangan keseimbangan, kelelahan, sakit kepala, rasa lapar, perubahan suasana hati, kesulitan berkonsentrasi dan detak jantung tak teratur.

Penyakit Kardiovaskular

Ilustrasi Penyakit kardiovaskular (sumber: iStockphoto)

Penyakit kardiovaskular adalah istilah umum untuk kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah. Ini biasanya terkait dengan penumpukan timbunan lemak di dalam arteri (atherosclerosis) dan peningkatan risiko pembekuan darah.

Penyakit kardiovaskular juga dapat dikaitkan dengan kerusakan pembuluh darah di organ-organ seperti otak, jantung, ginjal dan mata.

Kondisi yang memengaruhi sistem kardiovaskular, seperti penumpukan plak di arteri dan gagal jantung kongestif, dapat menyebabkan pusing. Seseorang mungkin merasa pusing sebelum atau setelah serangan jantung atau stroke.

Jika seseorang memiliki penyakit kardiovaskular, mereka kemungkinan akan mengalami tanda dan gejala lain, termasuk detak jantung tak teratur, sesak napas, ketidaknyamanan atau sesak di dada, batuk terus menerus, kelebihan cairan di lengan, kaki, atau kaki, kelelahan, mual dan muntah.

Stres dan Cemas

Ilustrasi stres (iStockphoto/hobo_018)

Stres jangka panjang atau kronis dapat berkontribusi pada perkembangan masalah kesehatan yang signifikan, seperti depresi, kecemasan, penyakit jantung, diabetes, atau disfungsi kekebalan tubuh. Peristiwa yang penuh tekanan, seperti ujian atau situasi emosional yang menantang, dapat memicu serangan kecemasan. Orang-orang mungkin merasa pusing, bingung, dan mual selama serangan kecemasan.

Selama respons stres, otak melepaskan hormon yang memengaruhi sistem pernapasan dan kardiovaskular. Hormon-hormon ini mempersempit pembuluh darah, meningkatkan denyut jantung, dan menyebabkan pernapasan cepat dan dangkal. Respons ini dapat menyebabkan pusing. Gejala stres lainnya termasuk berkeringat, gemetar, sakit kepala, sakit dada, detak jantung yang cepat, sulit tidur, kesulitan berkonsentrasi, dan mual.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Akhir 2019, Parkir Sepeda Bakal Tersedia di Stasiun MRT dan Halte Transjakarta

Posted: 13 Oct 2019 08:45 PM PDT

Suasana parkir sepeda di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Fasilitas parkiran sepeda akan ditargetkan penyediaan lokasi parkir sepeda ini akan dilakukan sebelum akhir 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana parkir sepeda di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Fasilitas parkiran sepeda akan ditargetkan penyediaan lokasi parkir sepeda ini akan dilakukan sebelum akhir 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebuah sepeda terparkir di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Pemprov DKI Jakarta bakal memberikan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus Transjakarta sehingga warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke tranportasi umun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebuah sepeda terparkir di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Pemprov DKI Jakarta bakal memberikan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus Transjakarta sehingga warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke tranportasi umun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah sepeda terparkir di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Fasilitas parkiran sepeda akan ditargetkan penyediaan lokasi parkir sepeda ini akan dilakukan sebelum akhir 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah sepeda terparkir di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Fasilitas parkiran sepeda akan ditargetkan penyediaan lokasi parkir sepeda ini akan dilakukan sebelum akhir 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana parkir sepeda di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Pemprov DKI Jakarta bakal memberikan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus Transjakarta sehingga warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke tranportasi umun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana parkir sepeda di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Pemprov DKI Jakarta bakal memberikan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus Transjakarta sehingga warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke tranportasi umun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebuah sepeda terparkir di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Fasilitas parkiran sepeda akan ditargetkan penyediaan lokasi parkir sepeda ini akan dilakukan sebelum akhir 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebuah sepeda terparkir di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Fasilitas parkiran sepeda akan ditargetkan penyediaan lokasi parkir sepeda ini akan dilakukan sebelum akhir 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Sakit Perut Tiba-Tiba, Gejala dan Cara Mencegahnya yang Mudah

Posted: 13 Oct 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab sakit perut tiba-tiba tentunya perlu diketahui, karena penyakit ini cukup umum terjadi pada siapa saja. Bisa di perut bagian kanan maupun bagian kiri. Biasanya sakit perut dipicu oleh gangguan pada organ di dalam perut, seperti lambung, hati, empedu, pankreas, limpa, usus, dan ginjal.

Sakit perut sendiri merupakan rasa nyeri yang muncul di perut, yaitu area di antara tulang iga dan tulang panggul. Saat mengalami sakit perut, seseorang dapat merasakan keram, mulas, atau rasa seperti tertusuk di perut.

Penyebab sakit perut tiba-tiba bisa dijelaskan menurut letak nyeri yang dirasakan. Sakit perut bisa terjadi karena berbagai masalah kesehatan pada organ dalam perut. Perbedaan letak nyeri pada sakit perut memiliki penyebab yang berbeda pula.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang penyebab sakit perut tiba-tiba dari berbagai sumber, Senin (14/10/2019).

Gejala Sakit Perut

Sakit Perut (artemisphoto/Shutterstock)

Sebelum mengetahui penyebab sakit perut tiba-tiba, tentunya kamu harus tahu terlebih dulu tentang gejala sakit perut. Sakit perut bisa terasa, seperti keram, mulas, atau menusuk, dengan tingkatan ringan hingga berat.

Area perut yang sakit bisa berbeda-beda, tergantung kepada penyebabnya. Pada sejumlah kondisi, nyeri juga dapat berpindah dari satu area perut ke area perut yang lain. Karena itulah, mengetahui gejala sakit perut sebelum memahami penyebab sakit perut tiba-tiba begitu penting.

Berikut beberapa gejala sakit perut lainnya:

- Berlangsung sebentar atau lama (hingga beberapa jam, bahkan beberapa hari).

- Sakit berkurang atau bertambah pada posisi dan gerakan tertentu, misalnya saat bersin

- Hilang timbul atau menetap.

- Muncul perlahan atau tiba-tiba.

Penyebab Sakit Perut

Sakit Perut (Tetiana Iatsenko/Shutterstock)

Penyebab sakit perut tiba-tiba sangat beragam, karena di dalam perut terdapat berbagai organ yang bila mengalami gangguan dapat menyebabkan gejala berupa sakit perut. Penyebab sakit perut tiba-tiba bisa dilihat juga dari letak perut yang terasa sakit.

Seperti telah dikatakan sebelumnya, letak dan sifat nyeri yang dirasakan juga bisa berbeda-beda, tergantung penyebabnya. Bisanya, penyebab sakit perut tiba-tiba ini merupakan gejala dari berbagai macam penyakit.

Sakit Perut Kanan Atas

Penyebab sakit perut tiba-tiba di perut bagian kanan atas tentunya dipengaruhi oleh berbagai penyakit yang dialami seseorang. Berikut beberapa penyakit yang menjadi penyebab sakit perut kanan atas:

- Hepatitis

- Batu ginjal

- Kanker hati

- Batu empedu

- Infeksi ginjal

- Paru-paru basah

- Radang kandung empedu

Sakit Perut Kanan Bawah

Sedangkan pada perut bagian kanan bawah, penyebab sakit perut tiba-tiba merupakan penyakit yang berbeda dari sebelumnya. Beberapa penyebab sakit perut pada bagian kanan bawah adalah:

- Hernia

- Usus buntu

- Radang usus

- Batu saluran kemih

- Infeksi saluran kemih

- Sumbatan (obstruksi) usus

Penyebab Sakit Perut

Sakit perut (Foto: Africa Studio/ Shutterstock)

Sakit Perut Kiri Atas

Penyebab sakit perut tiba-tiba di bagian kiri atas ini ada beberapa persamaan dengan kanan atas, terutama terkait dengan masalah pada paru-paru. Berikut beberapa penyebab sakit perut di bagian kiri atas:

- Sembelit

- Batu ginjal

- Infeksi ginjal

- Pembesaran limpa

- Masalah Paru-paru

- Angin dan serangan jantung

Sakit Perut Kiri Bawah

Sedangkan, penyebab dari sakit perut di bagian kiri bawah antara lain adalah:

- Radang usus

- Batu saluran kemih

- Infeksi saluran kemih

- Sumbatan (obstruksi) usus

Sakit Perut di Bagian Tengah

Penyebab sakit perut di bagian tengah dibagi lagi menjadi dua, yaitu penyebab sakit perut tengah atas dan tengah bawah.

Penyebab sakit perut di bagiang tengah atas atau ulu hati adalah:

- Maag

- Tukak lambung

- Radang pankreas

- Masalah pada jantung

Sedangkan penyebab sakit perut di bagiang tengah bawah adalah:

- Radang saluran pencernaan

- Radang kandung kemih

Selain itu, ada juga beberapa penyebab sakit perut bagian bawah yang biasanya hanya terjadi pada wanita karena kelainan organ reproduksi. Beberapa kelainan tersebut seperti kista indung telur, penyakit radang panggul, endometriosis, kehamilan ektopik, hingga keguguran

Cara Mencegah Sakit Perut

Sakit perut . (Foto: TORWAISTUDIO/ shutterstock)

Setelah memahami berbagai penyebab dan gejala sakit perut ini, kamu tentunya butuh cara-cara untuk mencegahnya terjadi. Walau tidak semua penyebab sakit perut dapat dicegah, namun risiko terserang sakit perut dapat dikurangi dengan penerapan pola hidup sehat.

Berikut beberapa cara mencegah sakit perut:

- Mencuci tangan, terutama sebelum menyentuh makanan.

- Memperbanyak minum air putih.

- Rutin berolahraga.

- Berhenti merokok.

- Membatasi konsumsi minuman beralkohol.

- Tidak langsung berbaring setelah makan, beri waktu minimal 2 jam.

Dengan mengikuti pola hidup sehat sebagai cara mencegah sakit perut ini terjadi, maka kamu tidak akan mengalami berbagai masalah kesehatan dengan sakit perut tersebut. Asalkan disipilin menerapkannya, tentunya sakit perut akan jarang menyerangmu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Crosshijaber, Apa Itu?

Posted: 13 Oct 2019 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial tengah dihebohkan oleh kelompok crosshijaber. Apa itu? Crosshijaber adalah pria yang suka memakai baju muslim.

Model yang sering kali digunakan adalah baju panjang dan lebar. Kadang, lengkap dengan hijab bahkan cadar. Sehingga tak ada yang tahu kalau sebenarnya mereka adalah pria.

Namun, mereka mengaku tidak punya penyimpangan orientasi seksual.

Mereka bahkan memiliki komunitas. Salah satunya @crosshijaber di Instagram. Beberapa netizen yang pernah membukanya, meng-capture dan membagikan di akunnya.

Senin (14/10/2019) pagi, Liputan6.com mencoba menelusuri akun tersebut. Namun, akun itu telah dihapus.

Fenomena ini ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak yang khawatir soal batasan-batasan penggunaan ruang umum khusus wanita, seperti toilet atau tempat wudu.

"Jadi ngeri sih kalau ke toilet. Karena bisa jadi mereka ada. Takutnya mereka penjahat kelamin, yang merekam aktivitas kita di toilet," ujar salah satu karyawan swasta di Menteng, Putri, kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin.

Namun, Putri mengaku bakal tutup mata ketika crosshijaber ini tidak memanfaatkan hijab tersebut untuk kejahatan.

"Itu urusuhan dia sama Tuhan," kata Putri.

 

Dinilai Coreng Hijab

Ilustrasi Hijab. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Salah satu pengguna hijab, Nur, menolak adanya komunitas tersebut. Dia menilai, fenomena crosshijaber ini mencoreng hijab.

"Hijab itu kan pakaian takwa, identitas. Jadi tidak boleh kalau dipakai oleh laki-laki. Setiap manusia harus sesuai fitrahnya dia," tutur Nur, seorang karyawan swasta.

Dia juga khawatir, hijab akan dijadikan alat untuk melakukan kejahatan.

"Saya pernah mengalami sendiri soalnya. Dipepet ibu-ibu pakai hijab besar. Ternyata mau ambil barang saya," lanjut Nur.

Oleh karena itu, dia berharap, penganut crosshijaber tidak menggunakan hijab ketika di tempat umum. Juga tidak menggunakan fasilitas umum untuk wanita.

"Karena kalau yang pakai hijab seperti saya, beberapa bagian tubuh kan aurat ya. Nanti kelihatan sama mereka, dong," kata Nur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Peserta Liga 1 2019 Dapat Lisensi Klub Profesional AFC

Posted: 13 Oct 2019 08:35 PM PDT

Jakarta- Komite Lisensi Klub PSSI sudah membuat keputusan terhadap pengajuan lisensi klub AFC 2019 yang dilakukan klub-klub peserta Shopee Liga 1 2019. Dari 16 klub yang mengajukan lisensi klub profesional AFC, delapan klub dinyatakan lolos. Namun ada dua klub yang lolos dengan catatan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengajuan lisensi klub AFC 2019 merupakan rangkaian proses verifikasi dan lisensi bagi klub sepak bola profesional agar bisa berpartisipasi di kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh AFC, seperti Liga Champions Asia maupun Piala AFC.

Ada 16 klub Liga 1 2019 yang berpartisipasi dalam kegiatan Club Licensing tahun ini. Seperti biasa, ada tiga kategori keputusan terkait pengajuan lisensi ini, yaitu granted atau dinyatakan lolos, granted with sanction yang artinya lolos bersyarat, dan rejected atau ditolak.

Dari total 16 klub Liga 1 2019 yang mengajukan lisensi tersebut, ada enam klub yang mendapatkan status granted atau lolos untuk mendapatkan lisensi klub AFC. Keenam klub itu adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Sementara itu, ada dua klub tambahan yang dinyatakan lolos, tapi masih dengan catatan, atau yang disebut granted with sanction. Pemuncak klasemen sementara Liga 1 2019, Bali United, dan juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC, merupakan dua tim yang masih harus memperbaiki data yang bisa dikumpulkan hingga jelang musim kompetisi AFC 2020.

Sebagai catatan, Bhayangkara FC pernah merasakan pahitnya tak memiliki lisensi klub AFC. Juara Liga 1 2017 itu tidak bisa berpartisipasi di kompetisi AFC 2018 karena permasalahan lisensi klub, yang akhirnya membuat Persija Jakarta dan Bali United sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2018.

 

5 Aspek yang Harus Dipenuhi

Dalam kegiatan AFC Club Licensing 2019 ini, terdapat 5 kriteria penilaian yang dievaluasi, yaitu menyangkut keolahragaan, infrastruktur, personal dan administrasi, legal, dan finansial.

"Harapannya dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia memiliki referensi untuk standar kualitas manajemen klub yang selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepak bola modern, baik dari AFC maupun PSSI," ujar Timmy Setiawan selaku Chairperson dari Club Licensing Committee PSSI seperti dilansir situs resmi federasi.

Tahun ini menjadi catatan tersendiri ketika Club Licensing Departement hadir dalam rangka asistensi bagi klub-klub yang membutuhkan. Madura United, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, dan PSIS Semarang termasuk empat klub besar yang menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam process Licensing dari tahun sebelumnya.

Club Licensing Department sendiri memiliki pekerjaan rumah untuk segera diselesaikannya, yaitu sosialisasi lisensi nasional Liga 1 dan persiapan regulasi lisensi nasional di Liga 2, termasuk perumusan aspek bisnis yang sudah mulai diterapkan di beberapa federasi negara di Asia.

"Mewakili teman-teman Club Licensing Department, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan Club Licensing Officer Liga 1 yang telah bekerja keras untuk menjadi bagian pertumbuhan sepak bola nasional yang kita banggakan," ujar Yulius Amos selaku Club Licensing Manager.

Sumber: PSSI

Disadur dari Bola.com (Penulis Benediktus Gerendo/ Editor Aning Jati, Published 14/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.