Rabu, 30 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Kostum Halloween Anak-anak Ini Seram Sekaligus Lucu

Posted: 30 Oct 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akhir bulan Oktober menjadi tanggal yang paling dinanti-nanti banyak orang yang menyukai perayaan Halloween. Ya, perayaan Halloween memang menjadi salah satu perayaan unik di mana setiap orang diwajibkan memakai pakaian dan busana yang seram.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga didandani layaknya hantu yang menyeramkan. Mulai dari menjadi Annabelle hingga berkostum menyeramkan tanpa kepala seperti unggahan akun Twitter @crazyinnasia pada 29 Oktober 2019.

Postingan @crazyinnasia sangat menyeramkan dengan anak kecil didandani menjadi hantu tanpa kepala. Saking menyeramkannya, wajar apabila postingan tersebut viral di media sosial Twitter. Hingga sekarang postingan tersebut sudah mendapatkan 4,7 ribu retweet dan 5,3 ribu suka.

Penasaran kan bagaimana potret kostum Halloween anak kecil yang seram sekaligus lucu? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/10/2019).

1. Kostum hantu tanpa kepala sukses membuat anak-anak lainnya merasa kaget dan ketakutan.

6 Kostum Halloween Anak-anak Ini Seram Sekaligus Lucu (sumber: Twitter.com/crazyinnasia)

2. Anak kecil ini terlihat seram sekaligus lucu saat memakai kostum Halloween hantu berwajah putih pucat.

6 Kostum Halloween Anak-anak Ini Seram Sekaligus Lucu (sumber: Twitter.com/rizky_wahyu)

3. Bahkan anak kecil ini didandani layaknya boneka Annabelle. Ekspresinya lucu banget.

6 Kostum Halloween Anak-anak Ini Seram Sekaligus Lucu (sumber: Nextshark)

4. Viralnya Joker membuat anak laki-laki ini tak sungkan bergaya seperti Joker.

6 Kostum Halloween Anak-anak Ini Seram Sekaligus Lucu (sumber: Twitter.com/gyultarist)

5. Di Quezon, Filipina, anak-anak juga merayakan Halloween. Bahkan ada yang bergaya layaknya Pennywise di film IT.

6 Kostum Halloween Anak-anak Ini Seram Sekaligus Lucu (sumber: Twitter.com/xhindonesia)

6. Dengan lucunya, anak ini bergaya seperti dracula lengkap dengan darah yang ada di pipinya.

6 Kostum Halloween Anak-anak Ini Seram Sekaligus Lucu (sumber: Twitter.com/cendana_glory)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Cukai Kirim Balik 38 Kontainer Sampah ke Amerika Serikat

Posted: 30 Oct 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memulangkan 38 kontainer limbah atau sampah ke Amerika Serikat. Pengiriman kembali atau reekspor tersebut dilakukan oleh PT MSE dan SM.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, sebelumnya beredar kabar limbah plastik yang seharusnya diekspor kembali ke Amerika Serikat oleh PT MSE dan PT SM dialihkan ke India, Thailand, Korea Selatan, Vietnam, Meksiko, Belanda dan Kanada. Pihaknya memastikan bahwa hal itu tidak benar.

"Berdasarkan dugaan tersebut, Bea Cukai langsung melakukan pengecekan kembali terhadap dokumen reekspor atas nama PT MSE dan PT SM," ujarnya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (31/10).

 

"Pemerintah Indonesia tidak pernah merekomendasikan atau menerbitkan surat persetujuan reekspor limbah yang terkontaminasi B3 asal Amerika Serikat ke negara Asia lainnya," sambungnya.

Heru menegaskan, dalam dokumen reekspor atas nama PT MSE tertulis negara tujuan adalah Amerika Serikat yang merupakan negara asal barang sebanyak 38 kontainer.

Adapun rinciannya, 15 kontainer ke JC Horizon Ltd., US LGB/Long Beach, 10 kontainer ke JC Horizon Ltd., USSEA/Seattle, dan 13 kontainer ke Ekman Recycllng USBAL/Baltimore.

Sementara, dokumen reekspor atas nama PT SM tertulis negara tujuan reekspor adalah Jerman yang merupakan negara asal barang, sebanyak 20 kontainer ke Melosch Export GMBH. Deham/Hamburg.

"Bahwa pelaksanaan reekspor terhadap impor Iimbah yang terbukti terkontaminasi Bahan Berbahaya dan Beracun atau tercampur sampah, telah mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31/M-DAG/PER/5/2016 tentang ketentuan impor limbah non-bahan berbahaya dan beracun, serta Basel Convention."

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Sampah Impor Beracun di Batam Harus Dikembalikan ke Negara Asal

Petugas mengecek peti kemas berisi sampah plastik yang mengandung limbah berbahaya dan beracun (B3) untuk di re-ekspor di Batam, Senin (29/7/2019). Indonesia mengirim kembali (re-ekspor) tujuh peti kemas berisi limbah plastik impor ke negara asalnya, Prancis dan Hongkong. (SEI RATIFA/AFP)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK ) telah menetapkan hasil pemeriksaan laboratorium 65 kontainer limbah plastik impor. Banyak sampah positif mengandung Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Pemeriksaan fisik atas 65 kontainer limbah plastik impor, dilaksanakan oleh Bea Cukai Batam, KLHK, DLH Kota Batam, dan Sucofindo. Dari kontainer yang diperiksa fisik telah diambil sampel untuk diuji laboratorium.

Kepala Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi KPU Bea Cukai Batam, Sumarna menjelaskan bahwa pemeriksaan fisik dan uji laboratorium telah disampaikan oleh Bea Cukai Batam ke KLHK.

"Kami juga telah menerima surat dari KLHK yang intinya meminta Bea Cukai Batam untuk mengoordinasikan pelaksanaan ekspor kembali atas limbah plastik B3 dan limbah plastik yang tercampur sampah," kata Sumarna, Selasa (2/7/2018).

Dalam surat KLHK dijelaskan, 38 kontainer limbah plastik impor itu tergolong B3, 11 kontainer limbah plastik tercampur sampah, 16 kontainer lainnya tidak mengandung B3 dan tidak tercampur sampah.

Sudah Berlangsung Lama

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi menunjukkan kontainer berisi sampah plastik di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Bea Cukai bekerja sama dengan KLHK dan kepolisian memulangkan sembilan kontainer berisi 135 ton sampah plastik impor bercampur limbah B3 asal Australia. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sementara dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2016 mengatur bahwa importir wajib mengekspor kembali limbah plastik yang mengadung B3 dan yang tercampur sampah.

"Bea Cukai saat ini sedang berkoordinasi dengan importir agar sampah dengan B3 segera dipulangkan," kata Sumarna.

Ada 49 kontainer berasal dari 4 perusahaan pengimpor antara lain PT Royal Citra, PT Wira Raja Plastikindo, PT Tanindo, dan PT Hok Thai.  Semuanya beroperasi di sejumlah lokasi di Kota Batam. 

Di lokasi yang sama Ketua Komisi I DPRD Batam Bidang Hukum Budi Mardianto meminta aturan hukum tetap dijalankan baik dari Kementerian perdagangan maupun Kementerian Lingkungan Hidup.

"Barang itu harus segera dikembalikan. Surveyor dan importir harus ditindak sesuai aturan hukum," kata Budi di Dermaga Batu Ampar.

Sementara itu, Yudi Kurnain anggota komisi I DPRD Batam menduga proses pengiriman sampah plastik ke Batam sudah berlangsung 3 tahun. Jadi surveyor yang ditunjuk importir limbah harus diperiksa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mutasi TNI, Belum Ada Pengganti Dokter Terawan

Posted: 30 Oct 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memutasi perwira tinggi di lingkungan TNI. Mutasi dilakukan untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang kian kompleks dan dinamis.

"TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan di tingkat perwira tinggi TNI," ujar Hadi Tjahjanto dalam siaran pers, Kamis (31/10/2019).

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1245/X/2019 tanggal 30 Oktober 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 60 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 37 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 16 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 7 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Dalam mutasi dan promosi jabatan tersebut, tercatat Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto yang dimutasi dan diangkat menjadi Menteri Kesehatan. Sebelumnya Terawan merupakan Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

Namun dalam surat keputusan Panglima TNI itu tak dituliskan perwira tinggi yang menggantikan Terawan menjadi Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

Kemudian Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan BNPP (Basarnas) menjadi Pangdam III Siliwangi.

Ada juga nama Mayjen TNI Hartomo yang sebelumnya Staf Khusus Kasad menjadi Dosen di Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan). Serta Brigjen TNI Rodon Pedrason, yang semula Direktur Analisis Ekonomi pada Deputi VIII Bidang Analisis dan Produksi Intelijen BIN menjadi Ketua Sekolah Tinggi Intelijen Negara BIN.

 

 

Kabakamla Segera Pensiun

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) mengecek prajurit saat apel kesiapan pasukan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (30/9/2019). Apel diikuti TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ada juga beberapa nama yang diangkat menjadi perwira tinggi Mabes TNI karena akan pensiun. Di antaranya adalah Brigjen TNI Yudi Sutrasna, Brigjen TNI Afifuddin, Brigjen TNI Okta Hendarji, Mayjen TNI Adi Sudaryanto, Brigjen TNI Binarko Sugihantyo, Brigjen TNI Yusmana.

Serta Laksda TNI Sulistiyanto, Laksda TNI Andriani, Laksda TNI Teguh Prihantono, Laksda TNI Manahan Simorangkir, Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, Brigjen TNI (Mar) Deden Sudarman, Marsda TNI Bambang Eko, dan Marsda TNI T. Seto Purnomo.

Kemudian Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman yang sebelumnya Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wacana Larangan Bercadar, Menag Fachrul: Kalau Mau Tetap Pakai Silakan

Posted: 30 Oct 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan kembali tentang pelarangan penggunaan cadar di instansi pemerintahan. Menurutnya, wacana tersebut masih dalam kajian dan bagi para penggunanya dipersilakan untuk tetap bisa memakai cadar.

"Kalau orang mau pakai silakan," kata dia saat ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (31/11/2019).

Pakai atau tidaknya cadar bagi perempuan muslim, menurut Menag Fachrul, bukan jadi tolak ukur bagi ketakwaan seseorang. Bahkan dia menyebut tidak ada ayat yang mewajibkan penggunaan cadar.

"Jadi cadar itu bukan ukuran ketakwaan orang. Bukan berarti kalau sudah pakai cadar takwanya tinggi. Sudah dekat dengan Tuhan, cadar tak ada dasar hukumnya di Alquran maupun Hadits dalam pandangan kami," pandang Menag Fachrul.

  

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Faktor Keamanan

Menteri Agama Fachrul Razi (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Fachrul beralasan, alasan kuat mengapa wacana ini diembuskan adalah faktor keamanan semata. Contoh, mereka yang masuk lingkup instansi pemerintahan diwajibkan melepas jaket dan helm. Begitu pula cadar, agar wajah mereka dapat terlihat jelas.

"Jadi betul dari sisi keamanan, kalau ada orang bertamu ke saya nggak tunjukkin muka, ya enggak mau saya," Menag Fachrul menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Raffi dan Nagita Liburan di Bromo, Foto Mesra di Puncak Gunung

Posted: 30 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang keindahan Gunung Bromo memang tidak ada habisnya. Kekayaan panorama dan budaya yang melekat di dalamnya kerap membuat kesan tersendiri bagi para pengunjung. Daya tarik Bromo yang begitu magis terasa sangat mengesankan.

Tak hanya indah, Bromo juga menjadi pilihan populer untuk liburan romantis. Banyak pasangan maupun keluarga dari seluruh dunia berbondong-bondong membuktikannya. Kalangan selebriti pun banyak yang datang ke Bromo untuk menikmati keindahannya.

Seperti pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina diketahui tengah menikmati liburan di Bromo, Jawa Timur. Kawasan wisata ini menjadi saksi bisu momen romantis pasangan tersebut. Melalui akun Instagramnya, Raffi dan keluarga kecilnya sangat menikmati suasana dan pemandangan indah yang terpampang.

Meski memiliki kesibukan, dikabarkan Raffi Ahmad vakum sementara dari dunia hiburan yang membesarkan namanya. Kini ia terlihat bahagia menghabiskan waktu bersama istri dan anak semata wayangnya. Raffi dan Nagita juga naik Jeep saat menjelajahi kawasan Gunung Bromo.

Bahkan keduanya tampil mesra, kemesraan ini pun seakan menampik beragam kabar burung yang pernah menerpa pasangan tersebut. Seperti beberapa waktu lalu di mana Raffi dan Nagita disebut hanya bermesraan di depan kamera saja. Berikut gaya Raffi dan Nagita liburan di Bromo yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (31/10/2019).

1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menjelajahi kawasan Bromo dengan naik jeep.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

2. Pasangan bahagia ini menikmati sunrise di kawasan Gunung Bromo.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

3. Gunung Bromo menjadi saksi bisu keromantisan Raffi dan Nagita.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

4. Di usia pernikahannya yang memasuki tahun ke-5, Nagita dan Raffi makin terlihat romantis.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

5. Keduanya berpose di depan tulisan Bukit Teletubbies Bromo Tengger Semeru.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

6. Raffi dan Nagita juga mengajak timnya berlibur ke Bromo.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rashford Cetak Gol Tendangan Bebas, Manajer MU: Itu Gol Ala Ronaldo

Posted: 30 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Marcus Rashford membawa Manchester United (MU) ke babak delapan besar Carabao Cup. Dua golnya membawa MU menang 2-1 atas Chelsea di Stamford Bridge Stadium, Rabu (30/10/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Gol kedua Rashford pada menit ke-75 mendapat pujian dari manajer MU, 0le Gunnar Solskjaer. Menurur manajer asal Norwegia tersebut, Rashford mencetak gol tendangan bebeas seperti gaya Cristiano Ronaldo, mantan pemain MU yang saat ini memperkuat Juventus.

"Setuju tidak, itu seperti Ronaldo? Bocah itu punya saraf baca, dia bisa menerima hukuman tanpa masalah," kata Solskjaer, seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Dia menendang bola seperti yang sering dilakukannya, tidak ada masalah dan memenangkan permainan. Fantastis, dia selalu mencetak gol-gol hebat," ucapnya melanjutkan.

Solskjaer juga memuji cara Rashford mengeksekusi penalti. Padahal, striker asal Inggris itu sudah gagal mengeksekusi penalti saat melawan Norwich City, akhir pekan lalu.

"Rashford punya mental dan karakter yang hebat. Sebelum pertandingan saya bilang: 'Jika kami dapat penalti, Anda yang menendangnya, tendang semanis yang Anda suka'," ujar mantan striker MU di era Sir Alex Ferguson tersebut.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Sempat Tertekan

Gelandang muda Chelsea, Billy Gilmour,  berebut bola dengan pemain Manchester United, Fred dan Scott McTominay dalam babak keempat Carabao Cup di Stamford Bridge, Rabu (30/10/2019). MU melaju ke perempat final Carabao Cup setelah membekuk Chelsea 2-1. (AP/Ian Walton)

Kendati menang atas Chelsea, Solskjaer menyebut MU sempat tertekan di Stamford Bridge Stadium. Chelsea mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 63 persen.

Tim asuhan Frank Lampard itu juga mempunyai delapan sepakan. Untungnya, hanya satu yang on target ke gawang MU yang dikawal Sergio Romero.

"Stamford Bridge merupakan tempat yang sulit. Kami perlu membuat semua pemain bekerja keras dan pulih sebelum pertandingan dimulai," kata Solskjaer.

 

Jadwal MU Selanjutnya

Bournemouth vs Manchester Unites

Ajang: Liga Inggris

Tanggal: 2 November 2019

Venue: Vitality Stadium

Saksikan video pilihn berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina EP Berhemat Rp 14 Miliar dengan Membuat Software Mandiri

Posted: 30 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina EP (PEP) anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu, mampu berhemat melalui beberapa inovasi sebagai bagian dari salah satu strategi efisiensi perusahaan.

Salah satu inovasi efisiensi dilakukan saat menuntaskan pekerjaan perawatan menyeluruh (Turn Around/TA) fasilitas produksi gas Central Processing Plant (CPP) Gundih di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pengerjaan perawatan itu lebih cepat dari jadwal sehingga ada efisiensi mencapai Rp 12,4 miliar.

Inovasi lainnya adalah pembuatan aplikasi khusus untuk mendukung kegiatan operasional di Lapangan Rimau wilayah Aset 1 yakni dengan inovasi membangun sistem yang dulu kalau buat program untuk di gas plant.

Direktur Utama Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf, mengungkapkan inovasi dibutuhkan dengan melihat kondisi lapangan yang dikelola berumur tua sehingga ongkos atau biaya pengelolaan menjadi tinggi. 

"Buat software butuh vendor harganya tidak kira-kira itu bisa Rp 14 miliar. Kemarin kita punya tenaga muda baru kita rekrut kita didik enam bulan, punya keberanian knowledge bisa bangun software sendiri biayanya makan malam, kopi snack dan lainnya, itu bisa buat program untuk diterapkan satu plant di lapangan Rimau," ujar Nanang di Jakarta, seperti dikutip Kamis (31/10/2019).

Menurut Nanang, dalam sebuah perusahaan harus memiliki kreatifitas dan inovasi karena tanpa hal tersebut sebuah perusahaan bisa tertinggal dari perusahaan lainnya.

"Sebuah perusahaan yang tidak memiliki inovasi, dalam setahun saja bisa tertinggal seolah-olah selama 10 tahun. Maka untuk itu, saya berpesan kepada para insan mutu untuk terus kreatif dan inovatif," jelas Nanang.

 

Tahan Laju Produksi Turun

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Pertamina EP baru saja menggelar Improvement Inovation Award 2019. Dalam acara tersebut ragam inovasi sukses dihasilkan misalnya Penerapan konsep gelinciran batuan ultrabasa pada area Tangkasi, Offshore Sulawesi yang diusung gugus PC-PROVE ULTRAMAN.

Nanang menjelaskan strategi perusahaan untuk menahan laju penurunan produksi dilakukan melalui pengeboran step out dan Enhanced Oil Recovery (EOR) pada tahapan pengembangan agar dapat meningkatkanlaju produksi disetiap Lapangan.

Selain itu, kondisi penurunan produksi menghadapkan para eksplorasionis dituntut untuk menemukan cadangan baru dengan konsep lama ataupun konsep baru.

"Improvement  ini menghasilkan konsep atau inovasi baru di area Offshore Sulawesi Pertamina EP yang bermanfaat dalam proses eksplorasi prospek hidrokarbon yang baru di area yang sudah lama. Ini merupakan hasil nyata dari integrasi geologi, geofisika, geokimia, dan reservoir. Inovasi ini membuktikan bahwa diperlukan konsep baru untuk mengevaluasi area yang lama 'New Data, NewIdeas Brings New Oil'," kata Nanang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Hal Unik yang Dilakukan Prabowo Subianto Usai Jadi Menhan

Posted: 30 Oct 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto sudah resmi dipilih dan dilantik menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin.

Prabowo Subianto pun sudah mulai bekerja usai melakukan serah terima jabatan atau sertijab dengan Menhan terdahulu Ryamizard Ryacudu.

Prabowo kemudian berjanji akan melanjutkan program-program yang sudah buat oleh pejabat sebelumnya. Bahkan, ia akan mencari program baru untuk pertahanan Indonesia.

Tak hanya berjanji membuat program-program baru, Prabowo juga tidak mengambil gajinya sebagai Menteri Pertahanan. Hal itu diungkapkan oleh Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Berikut hal-hal unik yang dilakukan Prabowo Subianto usai dilantik menjadi Menteri Pertahanan dihimpun Liputan6.com:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Gunakan Mobil Pribadi

Menhan Prabowo Subianto kunjungi Markas Besar TNI di Cilangkap

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terlihat masih menggunakan mobil pribadinya Toyota Alphard warna putih saat berkantor di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Oktober 2019.

Mobil Prabowo itu kini telah terpasang dengan plat nomor polisi Kemenhan 1-00. Mobil itu pun terlihat dikawal anggota Patroli dan Pengawalan (Patwal) Direktorat Lalu Lintas.

Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, Piping Supriatna mengatakan mobil dinas baru untuk menteri yakni, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive memang belum diserahkan. Dia berharap mobil dinas baru itu bisa segera dipakai para menteri.

"Belum, kami sedang menyelesaikan kelengkapan administrasinya. Mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama," ujar Piping.

 

Tolak Ambil Gaji

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di dalam mobilnya saat meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Senin (21/10/2019). Prabowo Subianto mengaku diminta untuk masuk ke kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menolak digaji oleh negara. Selama menjadi menteri, Prabowo berjanji tidak mau menerima uang sepeser pun dari hasilnya bekerja menjadi Menhan.

Hal itu diungkapkan oleh Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil mengatakan, Prabowo tak akan mengambil gajinya.

"Saya ingin mengkonfirmasikan kepada sobat semua khususnya sobat pewarta terkait dengan informasi yang menyatakan Pak Prabowo tidak akan mengambil gajinya sebagai Menteri di Kemhan adalah benar. Sejak awal beliau masuk politik, berkomitmen untuk mengabdi bagi kepentingan Bangsa dan Negara," jelas Dahnil dalam akun Twitternya, Rabu 30 Oktober 2019.

Sementara itu menurut Politikus Partai Gerindra Desmond Mahesa, pendapatan Prabowo sebagai seorang pengusaha sudah lebih dari cukup.

"Mungkin beliau merasa bahwa (gaji) itu enggak cukup. Karena beliau punya perusahaan, harta beliau aja Rp 1 triliun berapa itu, masa gaji yang seuprit bisa diambil beliau? Kan enggak," ujar Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 30 Oktober 2019.

Dia menegaskan bahwa niat Prabowo sejak awal menjadi Menhan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Sehingga, tidak ada niatan mengambil keuntungan.

 

Belum Akan Kunjungi Amerika Serikat Meski Diundang

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjalan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019).  Prabowo Subianto tiba di Istana di tengah suasana pengumuman calon menteri kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipastikan tidak lagi ditolak masuk ke Amerika Serikat. Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco menyebut pihak AS bahkan kini mengundang Prabowo untuk berkunjung.

"Memang sejak jadi Menhan ada beberapa dari negara yang kemudian bersilaturahmi kepada Pak Prabowo, termasuk dari tim Amerika Serikat. Kemudian dalam silaturahmi itu juga menyampaikan undangan untuk berkunjung," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa, 29 Oktober 2019.

Meski telah diundang, Ketua Umum Gerindra itu belum dapat memenuhi undangan dalam waktu dekat. Sebab, Prabowo masih masih menata Kemenhan.

"Namun, karena kesibukan Pak Prabowo yang masih menata, mempelajari, dan kemudian membuat rencana untuk departemen pertahanan, sehingga rencana keluar negeri itu, termasuk ke Amerika, belum terjadwalkan," ujarnya.

Diketahui, Prabowo pernah dilarang masuk ke Amerika Serikat pada 2000 atau pada saat Prabowo hendak menghadiri upacara kelulusan putranya di salah satu universitas di AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Sri Mulyani Tekan Defisit Transaksi Berjalan

Posted: 30 Oct 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati membeberkan upaya pemerintah dalam menekan defisit neraca transaksi berjalan (current account deficit /CAD). Salah satunya yakni dengan cara memperkuat industrialisasi dalam negeri.

"Bagaimana kita memperkuat industrialisasi, perizinan sehingga jauh lebih simpel, dan mendukung industri dan berbagai instrumen yang akan dievaluasi," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (31/10).

Menurut dia, iklim investasi sejauh ini juga tidak begitu bagus lantaran kondisi CAD yang dihadapi Indonesia memprihatinkan. Sehingga, pemerintah perlu benar-benar serius dalam menekan CAD.

"Kemarin sidang dan kabinet, melakukan presentasi, untuk berikan jangkar. Menko, jelas bahwa iklim investasi dipengaruhi CAD dan Neraca Dagang. Itu dihadapkan CAD itu menghalangi tumbuh berkelanjutan," kata Sri Mulyani.

 

Bendahara Negara ini menambahkan, pada prinsipnya memang untuk menekan CAD tidak bisa dilakukan hanya dalam satu kementerian saja. Sebab, ini perlu dilakukan oleh seluruh sektor ataupun kementerian lembaga.

"Lebih ke team work itu yang ditekankan presiden dalam kabinet 1 minggu pertama. Dari fiskal, dukung prioritas nasional. Untuk menciptakan domestik demand, ada pada produktivitas.

Seperti diketahui, pada kuartal I-2019 Bank Indonesia (BI) mencatat CAD berada di level 2,6 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), jauh lebih besar ketimbang CAD pada kuartal I-2018 yang berada di level 2,01 persen dari PDB.

Kemudian pada kuartal II-2019, CAD membengkak menjadi 3,04 persen dari PDB. CAD pada tiga bulan kedua tahun ini juga lebih besar dalam ketimbang capaian pada periode yang sama tahun lalu di level 3,01 persen dari PDB.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Sri Mulyani Minta Pengusaha Tak Ikut Suram Hadapi Tekanan Ekonomi Global

Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja Jilid I Sri Mulyani tiba di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Sri Mulyani datang memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo terkait penetapan Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Kuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menginginkan agar para pengusaha dapat menggenjot permintaan domestik dalam negeri. Ini menjadi salah satu cara keluar dari ketidakpastian ekonomi global.

"Dalam lingkungan global yang tidak pasti, domestik demand harus dijaga dan diperkuat. Stance kebijakan fiskal adalah kontra siklus," kata Sri Mulyani dalam sambutannya di acara CEO Networking 2019 di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

BACA JUGA

Lindungi Produk Lokal, Impor Tekstil Bakal Dikenakan Bea Masuk Keadaan saat ini kerap kali membuat pelaku usaha lebih memilih untuk wait and see dalam menjalankan bisnisnya. Lantaran psikologi pelaku usaha terpengaruhi oleh berbagai kondisi dan proyeksi ekonomi global.

"Kami sangat menyadari tantangan global ini, kami terus menerus memberi sinyal pelaku pasar, ekonomi kita punya potensi yang besar, jangan ikut gloomy [suram], karena sekarang ini psychological driven weaknesses," imbuh dia.

Menurut dia, pelaku usaha dalam negeri tak perlu menjadi pesimistis dalam menghadapi gejolak ekonomi global. Lantaran, proyeksi pelemahan global selalu terjadi setiap tahunnya, namun ekonomi Indonesia tetap mampu tumbuh.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mampu tumbuh disekitaran 5 persen, itu potensi yang besar," katanya.

Bendahara Negara ini menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang terjaga tersebut menunjukkan Indonesia masih memiliki ketahanan ekonomi ditengah ketidakpastian global. Juga masih memiliki daya tarik bagi inevestor.

Oleh karena itu, pihaknya bersama pemangku kebijakan lain yakni Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat menyadari berbagai tantangan yang dihadapi saat ini. Sehingga sinergi kebijakan terus dilakukan untuk mendorong laju perekonomian domestik.

Di samping itu, pihaknya sudah menyiapkan kebijakan fiskal melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan peningkatan belanja pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Hal ini tercermin dari proyeksi defisit APBN 2019 menjadi 2 persen sampai 2,2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), lebih lebar dari tahun lalu yang 1,72 persen dari PDB.

"Kita berharap dengan organisasi pemerintah lebih baik dan efektif, maka optimisme bisa ditularkan ke dunia usaha. Sehingga dunia usaha tidak wait and see lagi," ungkapnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kembali Diguncang Gempa, Hotel di Filipina Nyaris Ambruk

Posted: 30 Oct 2019 09:41 PM PDT

Polisi mengamankan area dekat Hotel Eva yang rusak usai gempa bumi kuat di Kidapawan, provinsi Cotabato utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga yang berpotensi menimbulkan kerusakan. (AP/Williamor Magbanua)

Polisi mengamankan area dekat Hotel Eva yang rusak usai gempa bumi kuat di Kidapawan, provinsi Cotabato utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga yang berpotensi menimbulkan kerusakan. (AP/Williamor Magbanua)

Kondisi Hotel Eva setelah gempa bumi kuat melanda kota Kidapawan di provinsi Cotabato utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga dalam bulan ini yang berpotensi menimbulkan kerusakan. (AP/Williamor Magbanua)

Kondisi Hotel Eva setelah gempa bumi kuat melanda kota Kidapawan di provinsi Cotabato utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga dalam bulan ini yang berpotensi menimbulkan kerusakan. (AP/Williamor Magbanua)

Polisi mengamankan area dekat Hotel Eva yang rusak usai gempa bumi kuat di Kidapawan, provinsi Cotabato utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga yang berpotensi menimbulkan kerusakan. (AP/Williamor Magbanua)

Polisi mengamankan area dekat Hotel Eva yang rusak usai gempa bumi kuat di Kidapawan, provinsi Cotabato utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga yang berpotensi menimbulkan kerusakan. (AP/Williamor Magbanua)

Sebuah bangunan yang rusak terlihat usai gempa bumi kuat di Kidapawan, provinsi Cotabato utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga dalam bulan ini yang berpotensi menimbulkan kerusakan. (EDWIN BADILLES / AFP)

Sebuah bangunan yang rusak terlihat usai gempa bumi kuat di Kidapawan, provinsi Cotabato utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga dalam bulan ini yang berpotensi menimbulkan kerusakan. (EDWIN BADILLES / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Azmirul Azman Mendapatkan 4 Standing Ovation di D'Academy Asia 5 Top 30

Posted: 30 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang pencarian bakat D'Academy Asia 5 sudah memasuki TOP 30. Para peserta dari berbagai negara semakin bersaing menunjukkan bakatnya.

Salah satu peserta D'Academy Asia 5 Azmirul Azman. Azmirul merupakan perwakilan dari Malaysia. Pada penampilan malam itu Azmirul Azman nampak menikmati lagu yang ia bawakan dengan goyangannya di atas panggung.

Azmirul Azman membawakan lagu ciptaan dari A Rafiq, berjudul "Tercantik Di Dunia".

Ingin lihat bagaimana penampilan Azmirul Azman di panggung D'Academy Asia 5 yang berhasil membuat ke-4 juri standing ovation? Simak selengkapnya di channel Indosiar hanya di Vidio.

Saksikan Videonya di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain MU, Ini Daftar Klub yang Lolos 8 Besar Carabao Cup 2019

Posted: 30 Oct 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) secara mengejutkan berhasil melaju ke babak 8 besar Carabao Cup 2019. Setan Merah lolos stelah menjungkalkan tuan rumah Chelsea, Kamis dini hari WIB. 

Bertandang di Stamford Bridge, MU menang 2-1 atas The Blues. Marcus Rashford menjadi pahlawan Setan Merah lewat dua gol yang dilesakkan ke gawang Chelsea. 

Gol pertama Rashford lahir dari titik putih penalti pada menit ke-25. Chelsea sempat membalas lewat Michy Batshuayi pada menit ke-61. Namun pemain asal Inggris tersebut kembali membawa Setan Merah unggul 2-1 lewat gol yang dicetaknya menit ke-73. 

Selain MU, Liverpool juga berhasil melaju ke babak 8 besar setelah bersusah payah melewati adangan Arsenal. Pertarungan berlangsung sengit dan diwarnai dengan hujan gol. Setelah imbang 5-5 sepanjang babak normal, The Reds akhirnya menang 5-4 saat adu penalti.

Nasib yang sama juga dialami oleh enam tim lain. Mereka berhasil lolos ke babak 8 besar setelah melewati rintangan lawan di babak sebelumnya.

Siapa saja? Simak daftarnya di halaman selanjutnya. 

Hasil Lengkap 16 Besar Carabao Cup

Para pemain Liverpool merayakan kemenangan atas Arsenal pada laga Piala Liga Inggris 2019 di Stadion Anfield, Rabu (30/10). Liverpool menang adu penalti atas Arsenal dengan skor 5-4. (AP/Jon Super)

Oxford United vs Sunderland: 1-1 (4-1)

Everton vs Watford : 2-10

Manchester City vs Southampton : 3-1

Aston Villa vs Wolves: 2-1

Burton vs Leicester City: 1-3

Crawley Town vs Colchester: 1-3

Liverpool vs Arsenal: 5-5 (5-4)

Chelsea vs Manchester United: 1-2

* Tim yang menang melaju ke babak 8 besar

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tanda Pria Jatuh Cinta tapi Gengsi Mengungkapkan, Kenali Tingkahnya

Posted: 30 Oct 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanda pria jatuh cinta tapi gengsi bisa dilihat dari beberapa presepektif. Cinta dapat membuat dunia terasa lebih indah. Makanan terasa lebih enak, matahari terbenam lebih cantik, dan har-harimu terasa lebih menyenangkan. Namun, tak semudah itu mengungkapkan perasaan cinta.

Terkadang ada rasa gengsi yang muncul. Gengsi ini bahkan juga terjadi pada pria. Risiko ditolak atau perasaan canggung bisa menjadi alasan dibalik pria berpikir dua kali untuk mengungkapkan perasaannya. Kalau sudah begini, kamu perlu mengetahui tanda pria jatuh cinta tapi gengsi.

Tak semua orang pandai mengungkapkan perasaanya. Kamu mungkin penasaran apakah si dia memiliki perasaan padamu tapi gengsi untuk mengungkapkannya. Tanda pria jatuh cinta tapi gengsi bisa kamu ketahui dengan jelas. Tanda pria jatuh cinta tapi gengsi bisa dilihat dari tindakannya saat bersamamu.

Kamu bisa mencari tahu tanda pria jatuh cinta tapi gengsi saat kamu menghabiskan waktu bersamanya. Melalui gestur tubuh, caranya memperlakukanmu, dan cara dia selalu ingin dekat denganmu bisa menjadi tanda pria jatuh cinta tapi gengsi.

Berikut tanda pria jatuh cinta tapi gengsi yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/10/2019).

Dia memprioritaskanmu

ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Kamu tidak akan pernah mengabaikan orang yang penting bagimu. Kamu selalu membuat dirimu tersedia untuk orang itu saat ia benar-benar membutuhkannya. Secara alami, ini berlaku untuk pria yang sedang jatuh cinta. Dia akan menjadikanmu prioritas nomor satu.

Dia akan meninggalkan segala aktivitasnya saat kamu membutuhkannya. Dia tidak menyeret kakinya atau mengeluh tentang hal itu. Jika dia akan melakukan apa pun untukmu dan dia bahkan menempatkan kebutuhannya sendiri di atas kebutuhanmu, maka itu bisa menjadi cinta sejati.

Dia memerhatikan detail tentangmu

ilustrasi pasangan/Photo by Ori Song on Unsplash

Dia mungkin melihat semua tentangmu lebih jelas daripada yang kamu sadari. Dia melihat kekuatanmu, potensimu, dan semua hal indah yang membuatmu menjadi diri sendiri. Ia juga melihat kekurangan, tapi ketika seorang pria mencintaimu, dia tidak menggunakan kekurangan itu untuk melawanmu atau membuatmu merasa malu.

Dia akan bertanya tentang orang tua dan teman-temanmu dan dia akan bertanya bagaimana pekerjaanmu, dan ingat untuk bertanya bagaimana hari-harimu. Pria yang jatuh cinta akan menyimpan sekecil apapun informasi tentangmu. Misalnya es krim kesukaanmu, atau wangi parfummu.

Kamu tidak dapat mengharapkan dia memiliki ingatan yang sempurna, tetapi ia mengingat hampir semuanya tentangmu. Bukan hanya karena dia memiliki ingatan yang hebat. Itu karena dia cukup peduli untuk fokus padamu.

Mencondongkan tubuhnya saat berbicara

ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Saat pria tertari padamu, ia akan mencondongkan tubunya kearahmu saat sedang berbicara. Saat seseorang menunjukkan ketertarikannya, secara tidak langsung ia akan menunjukkan posisi tubuh yang condong dengan hal yang ia sukai.

Secara tidak sadar hal ini dilakukan pria karena ia ingin dekat dengan wanita tersebut. Seseorang yang tertarik padamu akan condong ke arahmu saat kamu berbicara, memerhatikan tindakanmu, atau meregangkan tubuhnya. Selain itu, Jika kamu memperhatikan ekspresi wajahnya, kamu akan melihat ketika dia mulai mempertahankan kontak mata denganmu untuk waktu yang lebih lama daripada sebelumnya saat melakukan percakapan.

Dia selalu membuat kontak mata

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Mairon Silveira from Pexels

Bahkan dari jarak yang jauh, dia mencoba melakukan kontak mata denganmu. Pria yang menyukaimu akan mencoba curi-curi pandang. Jika kamu melihatnya menatapmu dan mengalihkan pandangan saat kamu menyadarinya, itu bisa menjadi tanda seseorang jatuh cinta padamu. Seseorang yang mempertahankan kontak mata, itu berarti ia berkonsentrasi pada sesuatu.

Jika kamu menemukannya sedang menatapmu tetapi dia tidak memalingkan muka. Sebagai gantinya, dia tersenyum dan menatapmu lebih lama. Dia mencoba memberi tahumu dengan matanya bahwa ia jatuh cinta padamu dengan keras tetapi belum bisa mengatakannya dengan lantang.

Bahasa tubuh

Ilustrasi pasangan (Sumber: iStockphoto)

Dia mungkin tersenyum ke arahmu secara sembunyi-sembunyi, mencoba untuk memulai obrolan, atau mencoba memegang tanganmu. Tindakan halus ini dapat memberi tahumu apa yang belum dikatakan mulutnya.

Saat kamu berjalan disekitarnya, dia mungkin akan meluruskan posisinya, atau dia bahkan membusungkan dadanya sedikit, bertujuan untuk terlihat gagah. Dia akan lebih waspada dan fokus saat berada di sekitarmu.

Kedekatan fisik dan keintiman juga merupakan ungkapan kasih sayang dan cinta yang besar bagi orang lain. Sebaliknya, jika seorang pria melipat tangannya di dadanya, tubuhnya berpaling darimu, kemungkinan itu adalah tanda yang jelas bahwa ia tidak jatuh cinta kepadamu dengan cara apa pun. Kemungkinan besar dia menganggapmu sebagai teman.

Ada banyak percakapan diantara kalian berdua

ilustrasi pasangan/copyright Unsplash/Brooke Cagle

Apakah kamu menyadari kalian berdua memiliki percakapan yang intens? Dia mungkin akan mencoba memiliki lebih banyak hal untuk dibicarakan. Dia selalu mencoba memulai percakapan denganmu. Percakapan bisa berlangsung lebih lama dari lima belas menit.

Dia terbuka untuk mendengarkan pendapatmu dan pengetahuan yang dapat kamu bagikan dengannya saat sering berbicara. Dia juga akan lebih terbuka padamu. Dia memiliki tingkat kepercayaan di mana dia merasa yakin dia tidak akan dikhianati atau diremehkan saat bersamamu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solusi Hentikan Kerusuhan Suporter, Calon Exco PSSI: Denda Rp 5 Miliar dan Kurangi Poin

Posted: 30 Oct 2019 09:35 PM PDT

Surabaya - Sepak bola Indonesia kembali diwarnai kericuhan suporter. Kali ini di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Suporter Persebaya Surabaya mengamuk setelah timnya kalah dari PSS Sleman 2-3, Selasa (29/10/2019).

Mereka melampiaskan kekecewaan dengan masuk lapangan setelah pertandingan. Beberapa fasilitas stadion juga dirusak. Kepengurusan PSSI selanjutnya diharapkan dapat menyelesaikan masalah kerusuhan suporter tersebut.

Terkait kerusuhan ini, calon exco PSSI, Lalu Mara Satriawangsa ikut kecewa. Dia melihat jika persoalan suporter sudah akut. Padahal, Indonesia baru saja dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

"Harus segera dibuat pakta integritas yang melibatkan PSSI, klub dan suporter untuk menghilangkan kerusuhan dalam sepak bola. Berkaca dari kerusuhan suporter yang sudah terjadi musim ini, sanksi berupa denda sudah tidak ada efeknya. Kecuali sanksinya Rp 5 miliar rupiah. Kalau hanya ratusan juta nyatanya masih terulang kerusuhannya," jelas mantan manajer Pelita Jaya ini.

Lalu Mara memberikan masukan yang cukup ekstrem. Dia menyuarakan agar suporter yang bertindak anarkis, sanksi yang diberikan adalah pengurangan poin bagi klubnya di kompetisi.

"Kalau sudah ada kerusuhan lagi, langsung dikurangi 10 poin. Bisa dibilang ini cara halus membuat klub itu degradasi. Biar suporter juga berpikir ulang dan bisa mengontrol emosinya," sambungnya. 

Suporter Akan Berpikir

Bonek masuk lapangan saat laga Persebaya Surabaya Vs PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (29/10/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Jika sanksinya pengurangan poin dalam jumlah banyak, klub akan melakukan pembinaan lebih serius kepada suporter.

"Saya berharap begitu kompetisi berakhir, pakta integritas itu sudah dibuat. Sehingga bisa diberlakukan musim depan," jelas pria asal Lombok ini.

Dia memprediksi dengan sanksi berat seperti itu, dalam waktu dekat sepak bola Indonesia bisa lebih baik karena kerusuhan di dalam stadion membuat hilangnya rasa nyaman.

"Sebenarnya banyak keluarga atau anak kecil yang ada di stadion untuk melihat sepak bola sebagai hiburan. Kalau insiden kerusuhan terus berulang, efeknya mereka khawatir datang lagi. ponsor juga berpikir ulang untuk bekerja sama," terangnya.  

Disadur dari Bola.com (Iwan Setiawan/Wiwig Prayugi, published 31/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinergikan Data Lahan Pertanian, Mentan Temui Menteri ATR

Posted: 30 Oct 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bertemu dengan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil di kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kamis (31/10/2019). Pertemuan ini bertujuan untuk mencocokkan data lahan baku sawah yang dimiliki tiap lembaga terkait.

Langkah ini dinilai sebagai awal untuk menyatukan seluruh data pertanian agar tidak terdapat perbedaan konsepsi.

"Kita menyamakan persepsi dan data tentang data lahan baku sawah, ya, beberapa waktu yang lalu ada perbedaan data yg telah di-publish dengan prespektif kementerian pertanian," ujar Sofyan di Gedung Kementerian ATR/BPN.

Syahrul mengatakan, mereka juga membicarakan tentang definisi sawah antar kementerian, agar tidak terjadi perbedaan persepsi.

"Sebenarnya, definisi sawah (Kementan dan ATR/BPN) sama," ujar Syahrul.

Sebelumnya, Kementerian ATR/BPN mempublikasi data lahan baku sawah seluas 7,1 juta hektare pada tahun 2018. Namun, saat Kementan melakukan verifikasi ulang, hasilnya berbeda.

"Sekarang, kita sudah verifikasi data lahan di 20 provinsi penghasil beras utama. Dan sudah ada data yang disepakati bersama oleh BPS (Badan Pusat Statistik), BIG (Badan Informasi Geospasial), Kementan dan ATR/BPN," ujar Sofyan.

Untuk hasil spesifiknya, Sofyan tidak bisa menyebutkannya sekarang karena perhitungannya memakan waktu. Namun dirinya berharap, bulan depan, data koreksi dari publikasi tahun lalu bisa segera keluar.

"Mudah-mudahan, 1 Desember data yang baru dan sudah dikoreksi bisa keluar," ujarnya.

 

 * Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Harga Beras Mahal hingga Data Tak Akurat Jadi Masalah Utama Pertanian RI

Darmin Nasution (kiri) dan Airlangga Hartarto berfoto bersama saat acara serah terima jabatan (Sertijab) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Airlangga resmi menggantikan Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia bekerja sama dengan PISAgro dan IBCSD (Indonesia Bussines Council for Sustainable Development) menyelenggarakan Responsible Bussines Forum (RBF) On Food and Agriculture. Di hadapan pengusaha dan akademisi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution membeberkan sejumlah masalah di sektor pertanian yang mesti diatasi.

"Terkait dengan panen, masalah utama kami adalah mahalnya harga beras dan panen yang berkualitas rendah. Antara lain disebabkan oleh kurangnya riset teknologi dan mesin pengering. Perikanan, terbatasnya peralatan mahalnya biaya logistik, dan terbatasnya cold storage," ungkapnya di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Lebih jauh, Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini juga memaparkan berbagai langkah dan kebijakan yang sudah ditempuh pemerintahan.

"Pemerintah telah mencoba beberapa inisiatif. Dalam pengembangan panen pertanian, kita fokus pada peningkatan kualitas data karena tidak akuratnya data juga menjadi masalah, pengadaan infrastruktur pasca panen, serta perbaikan rantai pasok," jelas dia.

Sedangkan untuk menggiatkan sektor perkebunan, langkah pemerintah antara lain mendorong peremajaan tanaman, penanaman kembali, serta menginisiasi kerja sama antara petani kecil dan perusahaan swasta melalui skema offtaker.

Darmin juga menyinggung program perhutanan nasional untuk memberikan akses lebih luas kepada masyarakat. Tak hanya itu, program sertifikasi lahan juga menjadi andalan pemerintah Jokowi untuk meningkatkan kinerja serta kesejahteraan petani.

"Sertifikasi lahan hanya awal. Habis itu ada perhutanan sosial. Habis itu ada peremajaan komoditas perkebunan, nanti kita masuk ke karet dan lainnya. Kami juga desain ulang transmigrasi menjadi konsep yang lebih clustering tanamannya. Terakhir barangkali reforma agraria," tandas Darmin.

 

Reporter : Wilfridus Setu Embu

Sumber : Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Minta Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Ditunda

Posted: 30 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan dan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2020. Secara rinci, iuran BPJS naik 100 persen, mulai dari Kelas I hingga Kelas III.

Sementara UMP sendiri akan naik 8,51 persen dengan dasar perhitungan inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. Dilihat dari sisi perusahaan, diakui kebijakan ini berpengaruh terhadap operasional perusahaan.

Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyatakan, pengusaha yang turut menanggung kenaikan iuran BPJS Kesehatan dan UMP 2020, pasti harus menyesuaikan strategi perusahaan terhadap kebijakan ini. Apalagi, dengan kondisi ekonomi global yang penuh dengan ketidakpastian.

"Akan terjadi efisiensi yang sangat ketat terutama pengusaha sektor tertentu yang berimbas dari ekonomi global, seperti ritel," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (31/10/2019).

Bukan hanya ritel, lanjut Sarman, pengusaha sektor industri padat karya seperti tekstil, garmen dan alas kaki, bahkan sektor properti mengalami hal yang sama.

"Sedikit banyak pasti berpengaruh (pada pengusaha), tapi kalau sampai tutup sih nggak," tuturnya.

Oleh karenanya, Sarman meminta agar kenaikan iuran BPJS Kesehatan ditunda oleh pemerintah. Kendati demikian, pengusaha mungkin akan melakukan perundingan dengan serikat pekerja untuk menemukan solusi terbaik.

"Direksi BPJS harus bisa mencari cara agar masyarakat mau membayar iuran agar yang menunggak tidak terlalu banyak," tutup Sarman.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

YLKI Khawatir Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Picu Tunggakan Membengkak

Verifikasi digital klaim BPJS Kesehatan sudah diterapkan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta sejak 14 Maret 2018. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi angkat suara perihal kenaikan iuran BPJS Kesehatan hingga 100 persen untuk semua kelas. 

Dari sisi finansial, kenaikan tersebut bisa menjadi solusi atas defisit finansial BPJSKes. Namun jika dilihat dari aspek yang lebih luas, kebijakan ini bisa memicu hal yang kontra produktif bagi BPJSKes

Menurut dia, setidaknya ada dua hal yang bisa memicu fenomena kontra produktif. Pertama, akan memicu gerakan turun kelas dari para anggota BPJKes. Misalnya dari kelas satu turun ke kelas dua, dan lainnya.

Kedua, akan memicu tunggakan yang lebih masif, khususnya dari golongan mandiri, yang saat ini tunggakannya mencapai 46 persenan.

"Jika kedua fenomena itu menguat, maka bisa menggegoroti finansial BPJSKes secara keseluruhan," ujar dia melalui keterangan tertulis, Rabu (30/10/2019).

Dia mengatakan, seharusnya, sebelum menaikkan iuran BPJS Kesehatan, pemerintah dan managemen BPJSKes melakukan langkah langkah strategis. Seperti melakukan cleansing data golongan PBI.

Sebab banyak peserta PBI yang salah sasaran. Banyak orang mampu yang menjadi anggota PBI. Di lapangan, banyak anggota PBI yang diikutkan karena dekat dengan pengurus RT/RW setempat.

Jika cleansing data dilakukan secara efektif, maka peserta golongan mandiri kelas III langsung bisa dimasukkan menjadi peserta PBI.

Dari sisi status sosial ekonomi golongan mandiri kelas III sangat rentan terhadap kebijakan kenaikan iuran.

Kemudian mendorong agar semua perusahaan menjadi anggota BPJSKes, atau melakukan audit perusahaan yang memanipulasi jumlah karyawannya dalam kepesertaan BPJSKes.

Sampai detik ini masih lebih banyak perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya sebagai anggota BPJSKes dari pada yang sudah menjadi anggota.

Ketiga, mengalokasikan kenaikan cukai rokok secara langsung untuk BPJSKes. Baru saja Menkeu menaikkan cukai rokok sebesar 25 persen.

Kenaikan cukai rokok dinilai penting untuk dialokasikan karena dampak eksternalitas negatif rokok. Ini seharusnya dialokasikan untuk penanggulangan aspek preventif promotif produk yang dikonsumsinya. 

Jika ketiga point itu dilakukan maka secara ekstrim kenaikan iuran BPJSKes tidak perlu dilakukan. "Atau setidaknya tidak perlu naik sampai 100 persen," ungkap dia. 

Pasca kenaikan iuran, YLKI meminta pemerintah dan manajemen BPJSKes untuk menjamin pelayanan yang lebih prima dan handal.

"Tidak ada lagi diskriminasi pelayanan terhadap pasien anggota BPJSKes dan non BPJSKes, tidak ada lagi faskes rujukan yang menerapkan uang muka untuk pasien opname," kata dia. 

YLKI juga mendesak pihak faskes, khususnya faskes rujukan untuk meningkatkan pelayanan, dengan cara melakukan inovasi pelayanan di semua lini, baik layanan di IGD, poli klinik dan instalasi farmasi. 

Iuran BPJS Kesehatan Resmi Naik, Cek Besaran Tarifnya

Petugas BPJS Kesehatan melayani warga di kawasan Matraman, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Menkeu Sri Mulyani mengusulkan iuran peserta kelas I BPJS Kesehatan naik 2 kali lipat yang semula Rp 80.000 jadi Rp 160.000 per bulan untuk JKN kelas II naik dari Rp 51.000 menjadi Rp110.000 per bulan. (merdeka.com

Pemerintah resmi menerbitkan aturan kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Pada 24 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Sebelumnya, ketentuan tersebut memang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Mengutip laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Rabu (30/10/2019), Perpres ini mengubah Pasal 29 sehingga menjadi berbunyi:

1. Iuran bagi Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) Jaminan Kesehatan dan penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah yaitu sebesar Rp 42 ribu per orang per bulan.

2. Besaran Iuran sebagaimana dimaksud mulai berlaku pada tanggal 1 Agustus 2019. Adapun iuran bagi Peserta PPU (Pekerja Penerima Upah) yang terdiri atas Pejabat Negara, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, PNS, Prajurit, Anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, dan Pekerja/pegawai sebagaimana dimaksud yaitu sebesar 5 persen dari Gaji atau Upah per bulan.

Dalam pasal 30 ayat 2 disebutkan, "Iuran sebagaimana dimaksud dibayar dengan ketentuan sebagai berikut: a. 4 persen dibayar oleh Pemberi Kerja; dan b. 1 persen dibayar oleh Peserta."

Kewajiban Pemberi Kerja dalam membayar Iuran dilaksanakan oleh:

a. Pemerintah Pusat untuk Iuran bagi Pejabat Negara, PNS pusat, Prajurit, Anggota Polri, dan Pekerja/pegawai instansi pusat; dan

b. Pemerintah Daerah untuk Iuran bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Ralryat Daerah, PNS daerah, kepala desa dan perangkat desa, dan Pekerja/pegawai instansi daerah.

Kemudian dalam Pasal 30 ayat 4, disebutkan "Iuran sebagaimana dimaksud dibayarkan secara langsung oleh Pemberi Kerja kepada BPJS Kesehatan melalui kas negara kecuali bagi kepala desa dan perangkat desa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Smartphone Layar Lipat Baru Milik Samsung Terungkap

Posted: 30 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah acara Samsung Developer Conference baru-baru ini, Samsung kedapatan memperlihatkan konsep desain smartphone layar lipat terbarunya.

Berbeda dengan Galaxy Fold yang dilipat secara vertikal, smartphone misterius ini dapat dilipat secara diagonal.

Artikel tentang konsep desain baru smartphone layar lipat milik Samsung ini bikin pembaca kanal Tekno Liputan6.com penasaran.

Tak hanya itu, berita lain yang juga membuat pembaca penasaran, termasuk  MIUI 11 di Pocophone F1, dan pre-order Huawei Mate 30 di Filipina.

1. Samsung Ungkap Konsep Desain Smartphone Layar Lipat Baru, Seperti Apa?

Samsung baru saja menggelar acara konferensi untuk para developer di San Jose, California, Amerika Serikat.

Pada gelaran bertajuk Samsung Developer Conference itu, perusahaan mengungkap sebuah kejutan tentang masa depan lini smartphone-nya.

Pada awal keynote One UI 2, Samsung memperlihatkan video konsep yang mungkin akan menjadi smartphone layar lipat baru bikinan perusahaan.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Pocophone F1 Cicipi MIUI 11

Smartphone Pocophone F1 akan mencicipi MIUI 11. Hal itu terkonfirmasi karena Xiaomi telah meluncurkan versi beta dari MIUI terbaru itu untuk smartphone tersebut dan akan merilis versi stabil MIUI itu setelahnya.

Terkini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Rabu (30/10/2019), pengujian versi beta ini berjalan lancar.

Perusahaan saat ini mulai menggulirkan pembaruan MIUI 11 versi stabil untuk Pocophone F1 ke unit-unit terpilih.

Baca selengkapnya di sini

3. Huawei Gelar Pre-order Mate 30 di Filipina

Huawei terus memperluas pemasaran seri Mate 30 ke berbagai negara. Salah satu pasar baru yang disambangi adalah Filipina.

Dilansir GSM Arena, Rabu (30/10/2019), Huawei melalui akun media sosialnya mengumumkan, mulai menggelar pre-order seri Mate 30 di Filipina pada 28 Oktober 2019.

Harga pre-order Mate 30 di negara tersebut dimulai dari 34.990 peso Filipina atau berkisar Rp 9,6 juta. Sementara Mate 30 Pro dibanderol 50.990 peso Filipina atau berkisar Rp 14 juta.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Chile Batal jadi Tuan Rumah Dua KTT Dunia

Posted: 30 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Chile memutuskan untuk batal menjadi tuan rumah dua KTT tingkat dunia, karena gelombang demonstrasi besar di Santiago.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Hoaks Video Syur Mirip Nagita Slavina, Gisella Anastasia Prihatin

Posted: 30 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua pekan terakhir, dunia hiburan dihebohkan dengan hoaks video syur mirip Gisella Anastasia. Kasus ini pun telah diperkarakan oleh Gisella Anastasia ke Polda Metro Jaya.

Saat kasus hukum ini tengah diproses, ada lagi oknum yang menyebar video berkonten seksual. Oknum tersebut mengatakan wanita dalam video itu mirip istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina.

Gisella Anastasia sendiri terkejut saat pertama kali mendengar pemberitaan ini. Ia juga tak menyangka Nagita Slavina bisa diterpa dengan kasus hoaks serupa.

"Apa nih? Kayak gini juga? Dimiripin juga. Tuh kan berarti sengaja, sudah lumayan modus," ungkap Gisella Anastasia ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu (31/10/2019).

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

Ogah Komentar

Gisella Anastasia (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Emang ada bisnisnya kali. Nggak tahu. Coba nanti dicari tahu. Bukan ranahku juga. Nanti lihat perkembangannya," ia menyambung pernyataan.

 

Ikut Prihatin

Gisella Anastasia (Kapanlagi/Bayu Herdianto)

Sebagai teman senasib, Gisella Anastasia ikut prihatin dengan Nagita Slavina. Namun mantan istri Gading Marten ini percaya bahwa Nagita bisa menyikapinya dengan tenang dan bijaksana.

"Ikut bersedih. Saya tahu sekali rasanya apalagi temen sendiri. Pasti support apapun lah secara mental, kita di sini. Dia pasti sudah tahu, langkah-langkahnya sudah tahu dia pasti," papar Gisel.

 

Diperiksa

Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)

Sementara itu, ditemani kuasa hukumnya, Gisella Anastasia menyambangi Reskrimsus Polda Metro Jaya, Rabu (30/10/2019) terkait kasus hoaks video syur yang dialaminya. Ibu satu anak ini memenuhi panggilan untuk dimintai keterangan.

Setelah diperiksa selama lebih dari dua jam sebagai pelapor, Gisella Anastasia pun keluar dari Reskrimsus. Kepada penyidik, ia menjawab sekitar 19 pertanyaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Murid SMA Gonzaga Tak Naik Kelas hingga Berujung Gugatan

Posted: 30 Oct 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Orangtua murid bernama Yustina Supatmi, menggugat SMA Kolese Gonzaga, Jakarta Selatan. Gugatan dilayangkan karena anaknya tidak naik kelas.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Peserta Didik Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah mengatakan pihaknya sudah memanggil kedua belah pihak untuk dilakukan mediasi.

"Mediasi penting karena ini masa internal pembelajaraan. Dinas Pendidikan DKI Jakarta ingin permasalahan diselesaikan secara musyawarah," kata Taga saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (31/10/2019).

Saat mediasi, Yustina mengatakan keputusan sekolah tidak menaikan BB lantaran salah satu mata pelajaran tidak memenuhi standar penilaian yang telah ditetapkan.

"Orangtua senang untuk bicara dari hati ke hati. Pernyataan ibunya kala itu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 sementara anaknya dapat nilai 68. Ini perlu dikonfirmasi dari pihak sekolah," ucap dia.

Sementara itu, pihak SMA Kolese Gonzaga mengatakan, memiliki kriteria khusus dalam menaikan para siswanya. Taga mengaku belum mendapatkan informasi detail mengenai hal tersebut.

Menurut dia, pihak SMA Kolese Gonzaga ingin agar mediasi di dilakukan di pengadilan.

"Kemarin datang diwakili Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Saya bilang coba duduk bertiga antara orangtua pihak sekolah dan dinas pendidikan. Dia menolak bilang, enggak Pak kita diselesaikan di mediasi di pengadilan saja," ucap dia.

Komunikasi Tak Efektif

Taga mengatakan, ke depan sebaiknya komunikasi dengan orangtua harus terjalin secara intenstif.

"Kalau efektif tidak terjadi seperti ini kenapa namamya pendidikan itu kepercayaan. Istilahnya masyarakat nitip anak untuk didik, dibina, dilatih, diajarkan pihak orangtua mestinya harus menerima aturan di sekolah itu jalankan dengan baik," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Nagita Slavina, 3 Seleb Ini Pernah Tersandung Hoaks Video Syur

Posted: 30 Oct 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu publik digegerkan dengan tersebarnya video syur yang diduga Gisella Anastia. Belum selesai dengan kasus tersebut, kini publik kembali dihebohkan dengan video syur yang disebut mirip dengan Nagita Slavina. 

Hal tersebut diketahui publik dari unggahan salah satu akun gosip di Instagram, Selasa (29/10/2019). Dalam unggahan terlihat seorang wanita tengah berbaring dan memiliki senyuman mirip dengan istri Raffi Ahmad tersebut. Merespons hal tersebut, netizen justru kompak mengungkapkan bahwa video syur yang beredar adalah hoaks. Nagita Slavina dikenal sebagai salah satu publik figur yang santun dan tak neko-neko.

Mengetahui hal tersebut, Gisel turut memberikan komentar. Sebagai teman, ia merasa ikut sedih karena ibu dari Rafathar itu mengalami hal yang sama dengannya.  "Kalau emang ada begitu ya sangat disayangkan, ikut bersedih. Karena saya juga tahu sekali rasanya gimana, apalagi temen sendiri. Pasti support apapun lah secara mental. Itu dia pasti tahu sendiri lah langkah-langkah yang harus diambil ya," kata ibu satu anak saat ditemui di Krimsus Polda Metro Jaya. 

Kasus skandal video syur ini bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya banyak pula artis Indonesia yang pernah diduga tersangkut kasus video syur. Siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, seleb yang diduga pernah terkena kasus  video syur, Kamis (31/10/2019).

1. Gisella Anastasia

Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)

Beberapa waktu silam sebelum ramai kasus video syur yang diduga mirip Nagita Slavina, beredarnya video syur yang memperlihatkan sosok perempuan mirip dengan Gisella Anastasia. 

Gisel mengakui ia tahu video panas ini dari tim managementnya sendiri. Namun ia memastikan wanita dalam video porno itu bukan dirinya.  Gisella Anastasia merasa nama baiknya tercoreng gara-gara kasus penyebaran hoaks video syur.

Selain nama baiknya yang tercoreng, ia juga mengalami gangguan pskilogis. Ia takut orang lain berpikiran buruk tentangnya. Tak tinggal diam. kekasih Wijaya Saputra itu pun telah memperkarakan kasus ini ke pihak yang berwajib.

 

2. Marion Jola

Lala tampil menawan dengan mengenakan busana bergaya kasual ditambah dengan tatapan tajamnya yang membuat para pria meleleh. (Liputan6.com/IG/@lalamarionmj)

Saat Marion Jola tengah menjadi peserta ajang pencarian bakat namanya sempat dikabarkan tak sedap. Sebuah video asusila dengan wajah mirip dirinya beredar luas. Meski shock dan sedih, Marion Jola dengan tegas membantah wanita dalam video tersebut bukanlah dirinya.

"Sedihnya, orang akan mikir aku begitu, padahal aku tidak pernah melakukan itu," ujar Marion Jola.

3. Aura Kasih

Aura Kasih dan Eryck Amaral

Aura Kasih juga pernah mengalami kasus yang serupa pada tahun 2018 silam.  Tersebar  video syur mirip dirinya. Dalam video tersebut terlihat potongan gambar dua sejoli yang sedang melakukan hubungan layaknya suami-istri. 

Video berdurasi lebih dari semenit itu sontak langsung ramai mendapat tanggapan warganet. Melihat hal tersebut, sembari menampik Aura Kasih memberikan komentar di laman instagramnya,  "Sepasaran itu kah muka gue,"

Melalui klarifikasi pihak management mengharapkan netizen tidak lagi mengaitkan video tersebut dengan Aura Kasih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonho Monsta X Dituduh Jung Da Eun Berutang dan Mencuri, Agensi Berang

Posted: 30 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul- Wonho Monsta X mendapat tuduhan serius dari Jung Da Eun, seorang mantan ulzzang, sebutan bagi orang-orang yang populer di internet karena kecantikan dan ketampanannya. Pelantun "Someone's Someone" ini dituding telah bertahun-tahun mengabaikan utangnya.

Dilansir dari Koreaboo, Kamis (31/10/2019), Jung Da Eun bahkan melemparkan tuduhan ini secara langsung di ruang publik, lewat media sosial.

Ia mengunggah sebuah foto yang menampilkan Wonho Monsta X yang sedang tampil di TV.

"Hoseok, kapan kamu bayar kembali uangku?" tulis Jung Da Eun sebagai keterangan foto. Sekadar informasi, Hoseok adalah nama asli Wonho Monsta X.

Utang 30 Juta Won

Wonho Monsta X (Soompi)

Han Seo Hee, wanita yang kini dekat dengan Jung Da Eun ikut menyerang Wonho Monsta X. Ia menuliskan bahwa pria ini berutang sebesar 30 juta won dari enam tahun yang lalu. Bila dihitung dengan kurs saat berita ini ditulis, angkanya mencapai sekitar Rp 361 juta. 

 

Pencurian

Jung Da Eun (via Koreaboo)

Tak hanya itu, Jung Da Eun juga menuduh Wonho Monsta X pernah mencuri. Hal ini ia ungkap lewat kutipan percakapan yang ia unggah di media sosial. Percakapan ini disebutnya terjadi antara dirinya dan pengacara Wonho. 

Jung Da Eun mengaku hal ini terjadi saat ia sama-sama tinggal dengan Wonho di Yeonsam-dong.

"Dia juga mencuri barang-barangku dan menjualnya secara online, dan dia meminjam 3 juta won dan 5 juta won saat itu dan berjanji bakal membayar," kata Jung Da Eun.

Wonho Monsta X dan Jung Da Eun memang diketahui pernah kenal cukup dekat. Dilansir dari Soompi, mereka tampil dalam acara variety show Ulzzang Shidae, sebelum Wonho debut dengan Monsta X.

 

Cuitan

Tak hanya itu, Jung Da Eun juga mengunggah sebuah cuitan, yang ia bagikan kembali lewat Instagram. "Aku tahu apa yang kamu lakukan pada 2008 — kasus pencurian khusus di Rumah Tahanan Suwon," tulisnya.

Meski tak menyebut nama, banyak warganet yang meyakini bahwa cuitan ini adalah tentang Wonho Monsta X. 

 

Reaksi Agensi

Starship Entertainment yang menaungi Wonho Monsta X berang dengan tuduhan ini. Mereka membantah keras, bahkan hendak menempuh jalur hukum.

"Kami berencana memasukkan laporan resmi lewat tim kuasa hukum kami. Kami akan merilis pernyataan resmi secepatnya," tutur juru bicara agensi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Ma'ruf Minta Mentan Realisasi Program Peremajaan Sawit Rakyat

Posted: 30 Oct 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk segera merealisasikan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Hal tersebut bertujuan untuk pengembangan kelapa sawit agar peningkatan produktivitas lahan dan daya saing.

"Saya minta kepada Kementerian Pertanian untuk dapat segera merealisasikan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang telah didukung pendanannya dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)," kata Ma'ruf saat membuka konferensi IPOC (Indonesian Palm Oil Conference) 2019 and 2020 Price Outlook di Nusa Dua Bali, Kamis (31/10).

Dia mengatakan target yang mencangkan tahun ini pemerintah saat ini 185 ribu Ha. Dan hal tersebut kata Ma'ruf harus terealisasi.

"Saya minta berbagai hal yang masih menghambat, misalnya masalah administrasi, harus dapat diselesaikan," ungkap Ma'ruf.

Diketahui konferensi tahun ini akan membahas perkembangan industry kelapa sawit dengan mengusung tema "Palm Oil ndustry : Managing Market, Enhancing Competitiveness".

Tema ini diangkat dengan latar belakang kondisi industry khususnya sector kelapa sawit yang saat ini sedang menghadapi tantangan harga yang rendah dan juga berbagai kampanye negative yang bergulir sehingga diperlukan berbagai gagasan dalam mengatur pasar dan juga menjaga daya saing.

Konferensi yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), diperkirakan akan dihadiri oleh sekiar lebih 1.500 peserta dari 18 negara.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Bela Sawit di WTO, Indonesia Pakai Pengacara dari Brussel

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Indonesia akan mengajukan pemberitahuan konsultasi bilateral dengan Uni Eropa (UE) melalui World Trade Organization (WTO) soal kelapa sawit. Konsultasi tersebut membahas penolakan sawit Indonesia oleh UE melalui Delegated Regulation yang merupakan turunan dari Renewable Energy Directive II (RED II) sebagai energi terbarukan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan, pihaknya akan mengajukan sesi pertemuan dengan UE yang melampirkan dokumen-dokumen pembelaan Indonesia atas diskriminasi tersebut.

"Ini RED II kita mau melakukan notifikasi ke WTO bahwa kita akan memulai proses konsultasi," kata dia, di ICE BSD City, Banten, Rabu (16/10/2019).

Wisnu mengungkapkan, pemberitahuan tersebut akan dilakukan November. Sebelumnya, Indonesia harus siap dalam pemberkasan.

"Kan kita harus persiapan dulu nih. Kita baru melakukan notifikasi dulu ke WTO. Baru mau dikirim November. Kalau kita mengirim ke sana kita harus yakin dulu kalau kita mau melakukan konsultasi bilateral," jelas Wisnu.

"Proses di DSB kan pertama bilateral consultation dulu. Waktu mau memulai itu kita kasih tahu bahwa kita mau memulai," imbuhnya.

Dalam konsultasi tersebut, lanjut Wisnu Indonesia akan menyewa firma hukum dari Brussel, Belgia.

"Lawyer-nya satu, memang dari luar negeri lawyer-nya. Karena untuk beracara di WTO itu harus ada persyaratannya. Tidak semua lawyer bisa beracara di DSB nya WTO. Lawyer-nya dari Brussel," tandas dia.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Perjuangkan Sawit di Eropa, Jokowi Minta Dukungan Belanda

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan lain-lain bertemu dengan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, kemarin.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan bahwa Belanda merupakan salah satu mitra yang penting bagi Indonesia di Eropa, baik di perdagangan, investasi, maupun pariwisata.

Presiden Jokowi berharap medapatkan dukungan dari Pemerintah Kerajaan Belanda untuk menghadapi kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit. Hal tersebut ditulis dalam keterangan pers bersama dengan Mark Rutte. 

"Saya juga menghargai kerja sama yang baru saja ditandatangani oleh Indonesia dan Belanda di New York, tanggal 26 September 2019 yang lalu, mengenai pengembangan kapasitas petani sawit untuk menghasilkan kelapa sawit yang baik," jelas Presiden Jokowi yang dikutip dari laman Setkab, Selasa (8/9/2019)

Perlu adanya upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan banyak mitra termasuk Belanda. Sebab situasi perekonomian di dunia sedang mengalami pelemahan.

Di bidang perdagangan sendiri, Jokowi sepakat untuk terus ditingkatkan. "Di bidang perdagangan kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan yang terbuka dan fair," tutur Jokowi.

Sementara untuk bidang investasi, Jokowi mengajak Belanda untuk meningkatkan kemitraan di bidang infrastruktur maritim dan pengelolaan air.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Minta Pengusaha Tak Ikut Suram Hadapi Tekanan Ekonomi Global

Posted: 30 Oct 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menginginkan agar para pengusaha dapat menggenjot permintaan domestik dalam negeri. Ini menjadi salah satu cara keluar dari ketidakpastian ekonomi global.

"Dalam lingkungan global yang tidak pasti, domestik demand harus dijaga dan diperkuat. Stance kebijakan fiskal adalah kontra siklus," kata Sri Mulyani dalam sambutannya di acara CEO Networking 2019 di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Keadaan saat ini kerap kali membuat pelaku usaha lebih memilih untuk wait and see dalam menjalankan bisnisnya. Lantaran psikologi pelaku usaha terpengaruhi oleh berbagai kondisi dan proyeksi ekonomi global.

"Kami sangat menyadari tantangan global ini, kami terus menerus memberi sinyal pelaku pasar, ekonomi kita punya potensi yang besar, jangan ikut gloomy [suram], karena sekarang ini psychological driven weaknesses," imbuh dia.

Menurut dia, pelaku usaha dalam negeri tak perlu menjadi pesimistis dalam menghadapi gejolak ekonomi global. Lantaran, proyeksi pelemahan global selalu terjadi setiap tahunnya, namun ekonomi Indonesia tetap mampu tumbuh.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mampu tumbuh disekitaran 5 persen, itu potensi yang besar," katanya.

Bendahara Negara ini menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang terjaga tersebut menunjukkan Indonesia masih memiliki ketahanan ekonomi ditengah ketidakpastian global. Juga masih memiliki daya tarik bagi inevestor.

Oleh karena itu, pihaknya bersama pemangku kebijakan lain yakni Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat menyadari berbagai tantangan yang dihadapi saat ini. Sehingga sinergi kebijakan terus dilakukan untuk mendorong laju perekonomian domestik.

Di samping itu, pihaknya sudah menyiapkan kebijakan fiskal melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan peningkatan belanja pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Hal ini tercermin dari proyeksi defisit APBN 2019 menjadi 2 persen sampai 2,2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), lebih lebar dari tahun lalu yang 1,72 persen dari PDB.

"Kita berharap dengan organisasi pemerintah lebih baik dan efektif, maka optimisme bisa ditularkan ke dunia usaha. Sehingga dunia usaha tidak wait and see lagi," ungkapnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Demo Tiada Henti, Hong Kong Masuk Jurang Resesi

Polisi bentrok dengan demonstran di Hong Kong, Minggu (29/9/2019). Dalam bentrokan tersebut demonstran melempari batu dan bom bensin ke arah aparat. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

Setelah 5 bulan protes anti pemerintah yang tak kunjung mereda, Hong Kong akhirnya masuk ke dalam jeratan resesi. Menurut Sekretaris Finansial negara tersebut, Paul Chan, tahun ini, pertumbuhan ekonomi Hong Kong diprediksi melambat.

Mengutip dari laman Reuters, Senin (28/10/2019), dalam sebuah blog yang dipublikasikan Paul Chan disebutkan bahwa PDB Hong Kong mengalami kontraksi dan melemah dua kuartal berturut-turut.

Secara teknis, negara tersebut kini telah terkena resesi dan tidak akan mencapai target pertumbuhan 0-1 persen.

"Akan sangat sulit untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi. Demonstrasi telah menjadi pukulan yang sangat keras untuk ekonomi kami," ujar Paul Chan.

Demonstrasi di Hong Kong semakin memanas setelah pada hari Minggu kemarin, para demonstran bentrok dengan aparat kepolisian secara brutal.

Bukan hanya itu, polisi mencoba membubarkan massa dengan gas air mata, peluru karet, namun para pendemo tidak kunjung membubarkan diri. Mereka membalas dengan serangan bom molotov dan membakar toko-toko di pusat Hong Kong.

"Harus diciptakan ruang untuk berdiskusi, karena semua orang harus kembali ke kehidupan normal mereka," lanjut Paul.

Ekonomi Hong Kong sendiri diprediksi tumbuh 2-3 persen pada 2019. Namun karena kejadian demonstrasi, proyeksinya dipangkas menjadi hanya 0-1 persen saja, alias memiliki kemungkinan tidak tumbuh sama sekali.

Banyak ekonom telah memprediksi pertumbuhan ekonomi Hong Kong hanya di bawah 1 persen, bahkan studi JP Morgan menyatakan pertumbuhannya hanya 0,3 persen saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melati Jepang Hiasi Kolong Jalur MRT Sisingamangaraja

Posted: 30 Oct 2019 09:15 PM PDT

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Sudin Kehutanan Jakarta Selatan melakukan penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Penanaman pohon melati Jepang di bawah jalur MRT tersebut untuk penghijauan dan mempercantik tata ruang kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Nanti Malam: AC Milan Lawan SPAL

Posted: 30 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Liga Italia pekan 10 tinggal menyisakan satu pertandingan lagi. AC Milan akan berhadapan dengan SPAL di Stadion San Siro pada Jumat (1/10/2019) dinihari WIB.

AC Milan membidik kemenangan di laga ini. Tiga poin menjadi harga mati karena sudah dua laga terakhir I Rossoneri belum bisa memetik kemenangan.

Praktis di tangan pelatih baru Stefano Pioli, AC Milan belum bisa memetik kemenangan. Mereka baru mendapat satu angka dari dua laga Liga Italia.

Kemenangan terbuka lebar. Selain main di kandang sendiri, lawan yang dihadapi kali ini relatif cukup mudah untuk dikalahkan oleh AC Milan.

SPAL merupakan klub penghuni zona degradasi klasemen Liga Italia. SPAL baru mendapat tujuh poin dari sembilan pertandingan yang dilakoni.

 

Jadwal Liga Italia

Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Jadwal Serie A

1 November 2019

03.00 WIB, AC Milan vs SPAL (Live Bein Sports

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyelidikan Kasus Balita Peluk Jenazah Ibu di Makassar Dihentikan

Posted: 30 Oct 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menghentikan penyelidikan kasus kematian Marni (39) yang ditemukan tewas di kamar indekos di Makassar, Sulawesi Selatan. Saat ditemukan, seorang balita berinisial EAB tengah memeluk jasad ibunya yang diperkirakan sudah dua hari tewas.

Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Mas Guntur Laupe mengatakan, kematian Marni murni ajal. Hal itu disampaikan Guntur saat menjenguk balita EAB di ruang perawatan VIP Walet 2 lantai IV RS Bhayangkara, Rabu, 30 Oktober 2019.

"Saya pikir itu tidak usah dipermasalahkan. Sudah namanya ajal. Kita tidak usah mengorek seperti apa lagi," ujar Irjen Polisi Mas Guntur Laupe singkat.

Di lokasi yang sama, Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Dicky Sondani menegaskan, kasus tersebut sudah ditutup.

"Autopsi tidak dilakukan karena pihak keluarga menolak. Keluarga sudah mengikhlaskan, menerima semua bahwa ini adalah accident, jadi kasus ini tidak lanjut. Penyelidikan kasusnya dihentikan. Dari kondisi fisik luar juga tidak terlihat tanda-tanda penganiayaan," kata Dicky.

Adapun ditemukan darah di tubuh korban Marni, Kepala RS Bhayangkara, Kombes Farid Amansyah menjelaskan, setiap proses pembusukan pada mayat pasti akan mengeluarkan darah atau cairan lainnya melalui semua lubang yang ada di tubuh tanpa harus luka.

"Ketika terjadi proses pembengkakan, pembusukan, kapiler-kapiler, pembuluh darah kecil akan pecah dan itu akan keluarkan cairan. Juga cairan dari sel, isi lambung akan keluar dari mulut dan kesannya akan seperti darah kalau sudah berwarna cokelat," jelas dokter Farid.

 

Pulihkan Trauma Anak

Kondisi bocah dua tahun yang ditemukan menjaga jenazah ibunya selama dua hari (Fauzan/Liputan6.com)

Soal kunjungan ke RS Bhayangkara menjenguk balita EAB, Kapolda Sulsel mengatakan hal itu bertujuan untuk memberi motivasi keluarga terutama anak yang tengah menjalani penyembuhan dari trauma atau trauma healing. Saat ini, balita EAB didampingi ayahnya Koptu Kris Batti dan dua orang kakak laki-lakinya.

"Perkembangan kondisi balita itu hingga sore ini cukup baik. Meski selama di RS Bhayangkara ditemani bapak dan kakak-kakaknya, tapi jika kondisinya betul-betul telah membaik, diharapkan dalam waktu dekat bisa kembali ke keluarganya hidup dengan normal," kata Guntur.

Diketahui, Marni ditemukan tewas membusuk di kamar kosnya. Kematian Marni baru diketahui warga setempat setelah tercium aroma tak sedap dari kamarnya.

Setelah dilaporkan warga ke polisi dan pintu kamarnya dibuka paksa, ditemukanlah jasad Marni yang telah bengkak dan membusuk. Mirisnya, di sisi jasad itu, terdapat putri bungsunya, EAB yang diperkirakan hidup bersama jasad ibunya lebih dari dua hari.

Adapun dua anak Marni yang lain, bersama suaminya, Koptu Kris Batti di asrama militer.

 

Reporter: Salviah Ika Padmasari

sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Melanda Kastil Shuri yang Bersejarah di Jepang, Korban Nihil

Posted: 30 Oct 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jepang - Kebakaran menghancurkan bangunan utama Kastil Shuri, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO di pulau selatan Okinawa di Jepang pada Kamis 31 Oktober 2019 dini hari waktu lokal.

Petugas pemadam kebakaran telah memerangi api sejak awal Kamis. Sejauh ini tidak ada cedera yang dilaporkan.

Kastil kayu ini dibangun 500 tahun yang lalu di Dinasti Ryukyu dan ditetapkan sebagai harta nasional Jepang pada 1933, seperti melansir dari BBC, Kamis (31/10/2019).

"Penyebab kebakaran belum ditentukan, tetapi alarm kebakaran berbunyi sekitar pukul 02:03 pagi," kata Ryo Kochi, juru bicara kepolisian prefektur Okinawa kepada kantor berita AFP.

Bangunan utama, serta struktur utara dan selatan kastil dilalap si jago merah, kata media setempat.

Walikota Naha, Okinawa mengatakan, ia khawatir dengan laporan bahwa api dapat "mengancam atau mempengaruhi" warga di daerah kastil.

Walikota Mikiko Shiroma mengatakan kepada badan penyiar nasional NHK, kota itu akan "melakukan segalanya" untuk menghadapi kebakaran dan dampak yang disebabkannya.

Pernah Terbakar Tiga Kali

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar Kastil Shuri di Okinawa, Jepang selatan, Kamis (31/10/2019). Aula utama kastil yang dibangun dari kayu tersebut dilaporkan hangus tinggal rangka bangunan. (Jun Hirata/Kyodo News via AP)

Kastil Shuri terletak di atas bukit yang menghadap kota Naha, ibukota Okinawa dan dikelilingi oleh dinding-dinding batu yang melengkung.

Namun, bangunan itu hampir sepenuhnya hancur dalam pertempuran selama Perang Dunua II. Struktur saat ini adalah rekonstruksi.

Kastil berfungsi ssebagai kampus untuk universitas negeri terbesar di Okinawa hingga 1970-an, dan telah menjadi objek wisata populer sejak itu.

Berdasarkan situs pariwisata Okinawa, kastil terbakar tiga kali selama Dinasti Ryukyu dan dibakar lagi dalam Perang Dunia Kedua selama Pertempuran Okinawa.

Saat ini, kastil itu merupakan bangunan kayu terbesar di Okinawa dan dijadwalkan sebagai perehentian pada rute estafet obor Olimpiade Tokyo 2020.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Barang Aneh yang Tertinggal di Mobil Ini Dijamin Bikin Tepuk Jidat

Posted: 30 Oct 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang menganggap mobil adalah rumah kedua, sehingga beragam barang dibawa di dalam mobil untuk berjaga-jaga.

Tapi jangan lupa untuk mengeluarkannya mana kala sudah tak membutuhkannya lagi. Apalagi jika berniat menjual mobil tersebut. Jangan sampai meninggalkannya dan membuat orang yang membelinya jadi bingung.

Pengalaman membeli mobil bekas dengan beberapa barang aneh tertinggal di dalam mobil rupanya kerap dialami oleh Head of Technical Services webuyanycar.com, Richard Evans.

"Kami selalu mengedepankan kepentingan konsumen. Seberapa anehnya barang tersebut tertinggal di dalam mobil, kami pasti tetap membelinya," kata Evans, dikutip dari Mirror.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS 

 

 

1. Kacang Panggang Kadaluarsa Kacang Panggang Kadaluarsa

Kacang Panggang Tidak Bikin Gemuk Seperti Kacang Goreng?

Hampir semua orang menyukai cemilan untuk menemaninya dalam perjalanan, apalagi perjalanan jauh. Tapi Evans mengatakan pembelinya pernah menemukan kacang panggang kadaluarsa selama 4 tahun di bawah kursi penumpang.

 

2. Mesin Transfusi Darah

Pria, Terima Transfusi Darah dari Donor Ini  Berisiko Kematian

Jika barang yang tertinggal berukuran kecil mungkin cukup masuk akal. Tapi soal mesin transfusi darah, sepertinya memang aneh. Alat tersebut ditemukan dalam kondisi masih baru.

 

3. Kotak Abu Manusia

Seorang seniman dari Amerika Serikat menciptakan cangkir, piring, botol, dan mug yang terbuat dari abu jenasah. (Sumber cremationdesigns.com)

Awal tahun ini, seorang pelanggan mengunjungi cabang Altrincham untuk menjual mobil almarhum ayahnya. Ketika mobil itu dipindahkan, pembeli terkejut mengetahui bahwa pelanggan telah meninggalkan sebuah kotak berisi abu ayahnya.

Untungnya tidak butuh waktu lama, abu tersebut dikembalikan kepada pemiliknya. Penemuan hal yang sama pernah terjadi di Norwich. Saat itu, pembeli menemukan pesanan layanan dari pemakaman ibu pelanggan.

 

4. Segepok Uang

Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Sebuah amplop berisi uang sebanyak GBP 10.000 atau Rp 179 jutaan (Kurs GBP 1 = Rp 17.995), ditemukan di bawah kursi penumpang di Melksam. Tak mengherankan, jika kala itu pelanggan tak melaporkan atau mengembalikan.

 

5. Kotoran Kuda

Awalnya, aroma aneh dari dalam mobil mungkin lantaran mobil pernah dipakai menjelajah di daerah tertentu. Namun, seorang pembeli di Falkirk menemukan sekantong kotoran kuda di dalam mobil.

 

6. Barang Aneh Lainnya

Selain daftar tersebut, barang-barang aneh lainnya juga ditemukan seperti 20 paket peluru untuk senapan, microwave, hingga cincin pertunangan yang digantung di kunci cadangan.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sederet Upaya Menag Fachrul Razi Tangkal Radikalisme

Posted: 30 Oct 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Fachrul Razi punya cara tangkal radikalisme. Ia akan menyisir masjid-masjid dan beri peringatan pada pengurusnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larangan Topeng Halloween Belum Disahkan, Hong Kong Bersiap Hadapi Protes Keras

Posted: 30 Oct 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Hong Kong bersiap-siap untuk Hallowen yang gaduh dan berbahaya pada Kamis (30/10/2019).

Hal itu terjadi karena ribuan demonstran pro-demokrasi banyak menggunakan topeng wajah yang dilarang. Serta, mereka berencana untuk bergabung dengan pengunjung klub yang berpakaian mewah/bertopeng untuk perayaan halloween di distrik hiburan malam Lan Kwai Fong. 

Para pengunjuk rasa mengatakan mereka akan membentuk barisan tanpa izin polisi dari sebuah taman di distrik perbelanjaan Causeway Bay, seperti dilansir news.yahoo.com.  

Para demosntran tersebut akan melalui jalan-jalan bar yang padan di Wan Chai menuju kaki bukit yang curam di atas Central.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Target Hiburan Malam

The Symphony of Lights Hong Kong.

Setiap akhir pekan bar-bar di daerah Lan Kwai Fong tumpah ruah ke jalan-jalan oleh para pengunjung klub malam dan keluarga asing dari luar Hong Kong. 

Daerah itu sudah penuh bahkan tanpa aktivis yang melempari bom bensin ke polisi, membakar benda-benda di sekitar, dan menghancurkan bangunan-bangunan yang ada selama lima bulan protes.

Sebuah penyerbuan di tengah malam pada Malam Tahun Baru pada tahun 1992, ketika ribuan orang berkumpul/berkonsentrasi. Akibatnya, 20 orang tewas dan beberapa lainnya terluka imbas dari insiden tersebut.

Sementara itu, bulan ini pemimpin Hong Kong, Carrie Lam melarang pengunjuk rasa mengenakan masker di bawah undang-undang darurat era kolonial Inggris yang disadarkan kembali, tetapi hanya sedikit yang memperhatikan.

Sementara itu, topeng Halloween belum dilarang untuk dikenakan. Hal itu akan menyulitkan polisi untuk mengidentifikasi pengunjuk rasa dan bukan.

"Berdasarkan pengalaman masa lalu, majelis yang tidak sah seperti itu akan menimbulkan ancaman serius bagi ketertiban umum dan keselamatan publik," kata pernyataan itu, seperti dilansir .

"Polisi telah mengingatkan toko-toko di sekitarnya untuk tetap mengikuti situasi terbaru dan tutup lebih awal jika perlu sehingga dapat terhubung dengan operasi Polisi, memastikan keselamatan jiwa dan properti," tambah polisi dalam keterangan.

Pemicu dan Imbas Protes yang Bergulir

Polisi bentrok dengan demonstran di Hong Kong, Minggu (29/9/2019). Dalam bentrokan tersebut demonstran melempari batu dan bom bensin ke arah aparat. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

Protes dipicu oleh RUU ekstradisi yang sekarang ditarik. Hal itu menjerumuskan kota Hong Kong ke dalam krisis terbesar dalam beberapa dekade.

Serta, turut menimbulkan tantangan populis terbesar bagi Presiden Cina, Xi Jinping sejak ia berkuasa pada 2012.

Para pengunjuk rasa Hong Kong marah pada apa yang mereka lihat sebagai meningkatnya campur tangan Beijing di Hong Kong.

Hal itu ditandai oleh pemerintah yang kembali dari Inggris ke pemerintahan Cina pada tahun 1997 di bawah formula "satu negara, dua sistem" dan dimaksudkan untuk menjamin kebebasan yang tidak terlihat di daratan (China). 

Sementara itu, China menyangkal campur tangan dan justru menuduh pemerintah asing, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, menimbulkan masalah.

Lam mengatakan ia bersiap pada pertumbuhan ekonomi negatif di pusat keuangan Asia tahun ini, sebagian sebagai akibat dari kerusuhan.

"Realitas yang semakin keras sejak Juni telah menyakiti ekonomi Hong Kong," kata Lam dalam sebuah pidato. 

"... apa yang dimulai sebagai protes damai, ciri khas hak dan kebebasan Hong Kong, telah berubah menjadi tindakan kekerasan oleh perusuh," tambahnya.

Dengan pengunjung yang terhalang oleh kekerasan/demonstrasi berbulan-bulan, banyak perusahaan kecil di seluruh kota sudah ditutup. Atau, sedang berjuang untuk mendapatkan keuntungan.

 

Reporter: Hugo Dimas

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Chat Absurd Driver Ojek Online dan Penumpang yang Bikin Mesem-Mesem

Posted: 30 Oct 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Percakapan antara driver ojek online dan penumpang tak melulu membahas titik penjemputan belaka. Seringkali, percakapan mereka berujung ke hal-hal yng menggelitik karena ada salah satu yang curhat.

Curhatan pun tak hanya masalah hati, ada kalanya curhat membahas perkara rumah tangga, atau bahkan mantan.

Artikel tentang curhatan absurd driver ojek dengan penumpangnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang meme kocak foto horor di Pantai Parangtritis. Sementara artikel ketiga terpopuler tentang kisah pilu pria yang menikah sekaligus memakamkan kekasihnya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Chat Absurd Driver Ojek Online dan Penumpang, Bikin Mesem-Mesem

Doc: Instagram.com

Saat mendapatkan order dari penumpang, tak jarang terjadi percakapan unik antara driver ojek online dengan penumpang tersebut. Curhat pun kerap terjadi. Topik yang dibahas pun beragam. Seperti berikut ini.

Selengkapnya...

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2. Viral Foto Horor Gadis di Parangtritis, Warganet Malah Bikin Editan Nyeleneh

sumber: twitter @yrndv

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial tengah diramaikan dengan beredarnya sebuah foto yang menjukkan potret seorang wanita tengah berpose di pantai. 

Dalam foto yang diunggah akun Twitter @yrndv, pada Sabtu (26/10/2019), memperlihatkan sosok seorang perempuan berhijab biru berfoto di pantai Parangtritis, Jogjakarta dengan latar langit senja. Namun, foto tersebut terlihat agak buram dan dipenuhi bintik putih yang samar-samar. 

Selengkapnya...

3. Kisah Pilu Pria Menikah Sekaligus Memakamkan Kekasih di Hari yang Sama

Doc: Sina.com

Seorang pria di Dalian, China menyelenggarakan pernikahan yang dipenuhi isak tangis. Betapa tidak, pria bernama Xu itu menggelar pesta pernikahan namun sekaligus pemakaman sang kekasih, Yang.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kylie Jenner Tampil Berkostum Kelinci Ikon Playboy di Pesta Halloween

Posted: 30 Oct 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Halloween selalu menjadi ajang para selebritas dunia untuk saling mengadu penampilan dan tata rias. Tak melulu menyeramkan, dandanan unik dan menarik pun ditampilkan oleh sosialita dan pebisnis kosmetik ternama, Kylie Jenner.

Ibunda Stormi Webster ini tampil dalam balutan kostum kelinci seksi ikon Playboy di pesta Halloween pada Senin, 28 Oktober 2019. Penampilan itu juga dikenakan oleh sahabat Kylie Jenner, Anastasia Karanikolaou atau yang akrab disapa Stassie.

Kylie Jenner berkostum kelinci ikon Playboy di pesta Halloween. (dok. Instagram @kyliejenner/https://www.instagram.com/p/B4NumUDHF0F/Putu Elmira)

Kylie mengunggah empat buah potret melalui akun Instagram pribadi, dua potret bersama Stassie, sedangkan dua potret lain seorang diri. Foto yang dibagikan pada 30 Oktober 2019 itu telah mendapat lebih dari 7,7 juta likes.

Dilansir People, Rabu (30/10/2019), rambut Kylie Jenner ditata agak bergelombang. Ia juga mirror selfie dan memperlihatkan lensa kontak icy blue yang dipakai bersama kostum itu.

Perempuan berusia 22 tahun ini bergaya ala kelinci Playboy yang klasik. Kylie Jenner mengenakan bustier tanpa tali dan celana, dasi kupu-kupu warna hitam dan putih, manset di pergelangan tangan, dan telinga kelinci hitam yang besar.

Kostum seksi Kylie Jenner itu hadir hanya satu bulah setelah ia berpose telanjang untuk Playboy "Pleasure Issue" bersama kekasihnya saat itu, Travis Scott.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

Dandani Sang Buah Hati, Stormi Webster

Stormi Webster berdandan seperti gaya Kylie Jenner di Met Gala. (dok. Instagram @kyliejenner/https://www.instagram.com/p/B4JHtIfHqQF/Putu Elmira)

Sebelumnya, Kylie Jenner mendandani sang buah hati dalam sentuhan kostum ungu yakni busana yang ia kenakan saat menghadiri Met Gala. Potret itu ia bagikan melalui akun Instagram pribadi.

Dilansir People, Kylie memiliki ide untuk kostum tersebut dengan meminta Alejandro Collection menciptakan kembali penampilan ikoniknya kala itu.

"Kylie dan stylist-nya, Jill, berpikir akan sangat ikonik saat bayinya sebagai versi mini dari dirinya sendiri dalam tampilan epik yang menarik begitu banyak perhatian di Met Ball," kata desainer label Alejandro Peraza secara eksklusif pada People.

Butuh waktu yang cukup panjang untuk menyesuaikan kostum itu di tubuh mungil Stormi. "Butuh 16 jam langsung untuk membuat manik-manik pada ukuran bayi super kecil dan tiga hari penuh selama 14 jam untuk menerapkan bulu pada tangan," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Nyeleneh Jual Pulsa Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pulsa menjadi salah satu kebutuhan utama di zaman modern ini. Dengan pulsa, bisa membuat orang berkomunikasi satu sama lain dan bahkan pulsa bisa menjadi alat pembayaran untuk banyak produk. Mulai dari belanja online hingga membayar tagihan listrik dan air, kini bisa menggunakan pulsa.

Dengan menjadi kebutuhan utama, kini orang-orang mulai menganggap bisnis pulsa menjadi hal yang sangat menjanjikan. Wajar apabila para penjual pulsa kini berlomba-lomba untuk menarik minat pelanggan dengan cara yang unik. Seperti postingan akun Instagram @awreceh.id pada 11 Oktober 2019.

Akun Instagram @awreceh.id mengunggah tulisan yang dibuat penjual pulsa listrik bertuliskan hewan belut listrik pernah beli token listrik di sana. Postingan tersebut menjadi viral di media sosial dan sudah mendapatkan 205 ribu like dan 983 komentar.

"S4 penipuan" tulis akun Instagram @tiarameldistria (11/10/2019).

"Eudora Isi listrik di sini ternyata" tulis akun Instagram @dapyourbae_e (11/10/2019).

Selain belut listrik yang pernah beli token listrik di sana, masih banyak cara jualan pulsa yang nyeleneh banget. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara jual pulsa nyeleneh, Kamis (31/10/2019).

1. Belut listrik pernah beli token listrik di sana lho.

6 Cara Nyeleneh Jual Pulsa Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

2. Jadi yang benar, jualan pulsa, susu atau bensin?

6 Cara Nyeleneh Jual Pulsa Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Brilio.net)

3. Lumayan dapat bonus plus plus didoain.

6 Cara Nyeleneh Jual Pulsa Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Brilio.net)

4. Bahkan, Spongebob pun rela jauh-jauh dari Bikini Bottom untuk beli pulsa.

6 Cara Nyeleneh Jual Pulsa Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

5. Kapan lagi kan bisa beli pulsa gratis handphone?

6 Cara Nyeleneh Jual Pulsa Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

6. Berdoa saja, semoga kasirnya lupa nawarin pulsa ya.

6 Cara Nyeleneh Jual Pulsa Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur yang Menyejukkan Mata

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berwisata ke alam terbuka dapat menghilangkan penat dan memberi kesegaran pikiran. Sehingga banyak wisatawan yang memilih untuk menghabiskan liburannya dengan berwisata di alam.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan begitu banyak destinasi wisata alam yang memesona. Salah satunya adalah destinasi agrowisata berupa perkebunan teh. Berwisata di kebun teh dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu libur. Selain pemandangannya yang indah, udara di wisata kebun teh juga terkenal sejuk.

Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mencoba berwisata di beberapa perkebunan teh yang ada di sana. Hamparan hijau pohon teh sepanjang mata memandang ditemani udara yang segar akan membuatmu betah berlama-lama berada di sana.

Wisata kebun teh tidak hanya memberi kesegaran pada pikiran tetapi juga menyejukkan mata. Selain itu, kamu juga dapat mengambil foto yangg Instagramable di kebun teh tersebut. Berikut beberapa wisata kebun teh di Jawa Timur yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (31/10/2019).

1. Kebun Teh Gambir, Jember

Kebun Teh Gunung Gambir, Jember, Jawa Timur. (ekaafandi/Instagram)

Kebun Teh Gambir terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember. Berlokasi di lereng Gunung Argopuro di ketinggian 900 Mdpl membuat udara di kebun teh ini terasa sejuk. Bagi kamu yang suka camping, di wisata kebun teh ini tersedia area camping ground yang bisa kamu gunakan untuk bermalam.

Namun bagi kamu yang tidak berminat untuk camping, kamu juga bisa bermalam di penginapan yang ada di sekitar area perkebunan teh. Bahkan di sini juga disediakan fasilitas olahraga seperti lapangan voli dan tennis.

2. Kebun Teh Sirah Kencong, Blitar

Kebun Teh Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Kebun teh seluas 219 hektar ini menawarkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Kamu dapat mengambil foto Instagramable di tempat ini.

Setelah puas berkeliling kebun teh kamu juga dapat berkunjung ke air terjun Sirah Kencong yang lokasinya tidak jauh dari perkebunan teh. Selain itu, kebun teh yang terletak di kaki Gunung Kawi ini memiliki fasilitas yang cukup menarik, seperti camping ground, gazebo, dan outbond.

3. Kebun Teh Jamus, Ngawi

Perkebunan Teh Jamus (Sumber: ngawikab.go.id)

Kebun Teh Jamus terletak di kaki Gunung Lawu tepatnya di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Karena berada pada kawasan pegunungan, membuat suasana di Kebun Teh Jamus terasa sejuk. Ditambah dengan pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar kebun membuat suasana semakin asri dan segar.

Bagian yang paling favorit dari kebun teh ini adalah Bukit Borobudur. Disebut demikian karena bentuknya yang berundak-undak menyerupai candi Borobudur. Setelah puas berkeliling, kamu juga dapat menikmati fasilitas kolam renang yang tersedia di kawasan wisata Kebun Teh Jamus.

4. Kebun Teh Andung Biru, Probolinggo

Kebun Teh Andung Biru, Probolinggo (Dian Kurniawan / Liputan6.com)

Kebun Teh Gambir terletak di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Kebun teh seluas 300 hektar ini ditanami dengan berbagai macam jenis pohon teh seperti teh hijau, teh rengganis, dan teh kolas.

Jadi kamu dapat berkeliling sambil mengenal berbagai jenis pohon teh. Karena masih tergolong wisata baru, fasilitas yang tersedia masih minim. Namun pengelola sudah menyediakan toilet dan mushola.

5. Kebun Teh Kertowono, Lumajang

Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang (Sumber: wisatalumajang.com)

Kebun Teh Kertowono terletak di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang. Berada pada ketinggian 500-4000 mdpl membuat udara di sana sangat sejuk. Kamu bisa menikmati kebun teh seluas 2.267 hektar ini dengan cara menggunakan sepeda atau motor trail.

Selain itu pengunjung juga diizinkan untuk melihat proses pembuatan teh dipabriknya. Bagi kamu yang suka berburu foto, kamu juga dapat mengambil foto Instagramable dengan latar Gunung Semeru, Lemongan, daan Raung.

6. Kebun Teh Wonosari, Malang

Kebun Teh Wonosari  (sumber: iStockphoto)

Kebun Teh Wonosari terletak di kaki Gunung Arjuna, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Di kebun teh ini kamu dapat berjalan-jalan dan mengambil foto selfie di jembatan yang baru dibangun beberapa waktu lalu.

Fasilitas di wisata kebun teh ini juga tergolong lengkap, seperti kereta mini yang digunakan untuk berkeliling kebun teh, kebun binatang mini dan pemandian air hangat yang cocok sekali buat kamu yang ingin berendam di tengah udara sejuk pegunungan. Selain itu juga masih terdapat berbagai wahana seru lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI Harap Mendikbud Nadiem Kembalikan Konsep Pendidikan ke Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim diminta untuk mengembalikan konsep pendidikan di Indonesia sesuai dengan pemikiran awal Ki Hajar Dewantara. Hal itu disampaikan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Dalam konferensi persnya pada Rabu kemarin, KPAI menyatakan bahwa pemikiran awal Ki Hajar Dewantara tersebut adalah, pendidikan merupakan proses pembudayaan yakni suatu usaha memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam masyarakat.

Dalam konsep tersebut, pendidikan sifatnya tidak hanya memelihara namun juga memajukan dan mengembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup manusia.

"Artinya, pendidikan sejatinya menguatkan kebudayaan dan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi muda atau peserta didik," kata Komisioner Bidang Pendidikan KPAI Retno Listyarti dalam keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis (31/10/2019).

Tak Hanya Untuk Mendapatkan Pekerjaan

KPAI dalam konferensi persnya pada Rabu (30/10/2019), memaparkan sejumlah kasus kekerasan pada anak yang terjadi sepanjang 2019 (Dokumentasi KPAI)

Dalam pernyataannya, KPAI menjelaskan bahwa Ki Hajar Dewantara membedakan antara pendidikan dan pengajaran, meski keduanya sama-sama memerdekakan manusia secara lahir dan batin.

Retno mengatakan pengajaran bersifat memerdekakan manusia dari aspek hidup lahiriah seperti kemiskinan dan kebodohan. Sementara pendidikan memerdekakan manusia dari aspek hidup batin atau secara otonomi berpikir dan mengambil keputusan, martabat, serta mentalitas demokratik.

"Manusia merdeka itu adalah manusia yang hidupnya secara lahir dan batin tidak tergantung kepada orang lain, akan tetapi ia mampu bersandar dan berdiri di atas kakinya sendiri. Artinya sistem pendidikan itu mampu menjadikan setiap individu hidup mandiri dan berani berpikir sendiri," kata Retno.

Selain itu, KPAI juga meminta agar Mendikbud Nadiem juga sekadar membuat pendidikan semata-mata hanya untuk mendapatkan pekerjaan.

"Menurut Ki Hajar Dewantara, tujuan dari pendidikan adalah penguasaan diri, sebab disinilah pendidikan memanusiakan manusia. Penguasaan diri merupakan langkah yang dituju untuk tercapainya pendidikan yang memanusiawikan manusia."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejanggalan di Balik Raibnya Uang Nasabah BRI Cabang Cepu

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cepu - Kejadian apes menimpa Indrati (40), seorang nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cepu, Blora, Jawa Tengah. Uang di rekeningnya raib, setelah dirinya kehilangan buku tabungan. Indrati yang mengetahui tabungannya raib langsung melapor ke polisi Polsek Kedungtuban.

Tak butuh waktu lama, pihak kepolisian langsung menangkap pelaku pembobolan tabungan bernama Nurkholis (30), yang ternyata merupakan tetangga korban sendiri. 

Kapolsek Kedungtuban, Iptu Suharto mengatakan, awal kejadian pembobolan rekening tabungan itu bermula saat Selasa (22/10/2019), sekitar pukul 15.45 WIB. Saat itu pelaku sedang ngopi di warung korban. Suasana warung kopi sedang ramai, dan korban tak menyadari buku tabungannya telah dicuri dari tas miliknya.

Barang bukti berupa uang tunai sejumlah Rp4.010.000 masih utuh. Sementara, buku tabungan milik korban telah dibakar oleh pelaku untuk menghilangkan barang bukti.

"Dari hasil perbuatannya yang melanggar hukum pelaku kami jerat dengan pasal 362 tentang pencurian yang ancaman hukumannya lima tahun penjara," kata Suharto, Rabu (30/10/2019).

Suharto mengaku, sebelum masuk laporan resmi, pernah dilakukan upaya damai, namun gagal.

 

Kejanggalan

Kejadian pencurian tabungan ini menjadi janggal, lantaran untuk mencairkan tabungan orang lain dibutuhkan surat kuasa dari atas nama pemilik rekening. Namun mengapa pihak BRI dengan mudah mencairkankan tabungan tanpa surat kuasa pemiliknya?

Kepala Cabang BRI Cepu, Gede Dianarta mengatakan, BRI punya prosedur yang sudah pakem soal pencairan dana, dan tidak bisa dilakukan sembarangan. 

"Karena itu ada kapasitas, kewenangan," katanya. 

Dia menegaskan, BRI tidak memperbolehkan seorang bukan pemilik buku tabungan mencairkan uang tanpa dibekali surat kuasa. Namun kenyataan pelaksanaan di lapangan tidak sesuai prosedur, menurut dia, itu tergantung pribadi.

"Namanya personal ya. BRI prosedurnya sudah pakem, kalau tidak yang bersangkutan ngambil atau kuasanya dengan KTP-nya sendiri yang asli, itu tidak boleh. Kalau prosedur dilanggar ya oknum sendiri mas," katanya.

Pihaknya mengaku, sudah berkonsultasi dengan legal officer terkait persolan tersebut.

"Sebenarnya nasabah tidak ada tuntutan, dan saya dengar itu sudah diselesaikan. Kalau sudah seperti itu kan clear," ujarnya.

Menurut dia, sekarang ini tuntutannnya dari pemilik tabungan kepada yang bersangkutan (tersangka).

"Kami dijadikan saksi, ya tidak apa-apa, berikan keterangan saja. Kami tetap sebagai pelayan publik yang baik," ungkap Gede menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bentrok dengan Jadwal Piala Dunia Klub, Liverpool Bisa Mundur dari Perempat Final Carabao Cup

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool- Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengeluarkan komentar mengejutkan usai The Reds kalahkan Arsenal di babak keempat Carabao Cup, Kamis (31/10/2019) dini hari WIB. Liverpool menang 5-4 lewat adu penalti setelah imbang 5-5 di babak normal.

Alih-alih senang dengan kelolosan ini, Klopp malah mengeluarkan ancaman mundur dari perempat final Carabao Cup. Itu akan dilakukan Liverpool kalau jadwal nanti tidak cocok.

Maklum, Liverpool khawatir jadwal perempat final bentrok dengan Piala Dunia Klub yang berlangsung di Qatar nanti. Kabarnya perempat final juga dilangsungkan 16 Desember saat The Reds main di Piala Dunia klub.

Liverpool hanya bisa tampil sebelum 6 Januari 2020. Tanggal ini ditetapkan sebagai tanggal semifinal Carabao Cup.

"Kami tak mau jadi korban kerumitan ini. Kami main dan menang. Kalau penyelenggara tak menemukan tanggal yang cocok, kita pastikan tak bisa main di babak berikutnya," ujar Klopp seperti dikutip Liverpool Echo.

 

Tanggal yang Pas

Para pemain Liverpool merayakan kemenangan atas Arsenal pada laga Piala Liga Inggris 2019 di Stadion Anfield, Rabu (30/10). Liverpool menang adu penalti atas Arsenal dengan skor 5-4. (AP/Jon Super)

Maka itu Klopp meminta agar penyelenggara menjadwal ulang perempat final Carabao Cup. Da pun kini tak memedulikan siapa lawan yang akan dihadapi The Reds.

"Siapapun lawan kami di perempat final, mereka akan lolos atau mungkin Arsenal saja yang melawan mereka," kata Klopp.

"Kami akan mengacuhkan masalah ini untuk malam ini. Banyak orang di Liga Inggris mungkin nonton di depan televisi dan berharap Arsenal menan. Tapi saya minta maaf!"

Siapa lawan Liverpool di perempat final sendiri masih akan ditentukan Kamis pekan depan.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dispora Surabaya Hitung Kerusakan Stadion Pasca Rusuh

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya menginventarisasi berbagai kerusakan fasilitas di Stadion Gelora Bung Tomo pascakerusuhan yang dilakukan suporter Persebaya pada Selasa sore, 29 Oktober 2019.

"Kami tadi sudah ke stadion (GBT) dan sekarang sedang dilakukan inventarisasi kerusakan di bagian mana saja," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya Afghany Wardana ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu, 30 Oktober 2019.

Tim dari Dispora Surabaya selaku pengelola Stadion GBT juga melakukan pembersihan sisa-sisa kerusakan akibat kerusuhan suporter, setelah tuan rumah Persebaya kalah 2-3 dari PSS Sleman, dilansir dari Antara.

Ia menuturkan, sejumlah fasilitas Stadion GBT yang berkapasitas penonton terbesar ketiga di Indonesia itu yang mengalami kerusakan akibat kerusuhan suporter, antara lain rumput di bagian gawang sisi utara dan sebagian di sisi timur.

Selanjutnya, kata Wardani, kerusakan yang lain adalah jaring gawang sisi utara, tunnel stadion, lorong pemain ke luar dan masuk lapangan, kaca jendela, dan lintasan atletik.

"Sebenarnya bench pemain cadangan juga mengalami kerusakan karena ada yang pecah, tapi itu milik panitia pelaksana pertandingan. Kalau lintasan atletik itu ada yang rusak, karena jadi alas saat pembakaran papan iklan," ucapnya di Surabaya.

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jumlah Kerugian Belum Bisa Dipastikan

Laga Persebaya Surabaya Vs PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019), diwarnai kericuhan. (Bola.com/Aditya Wany)

Dispora, kata Afghany, juga belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian yang dialami dan dalam waktu dekat pihaknya memanggil penyewa (pemakai), dalam hal ini klub Persebaya Surabaya.

Sebelumnya, usai laga Persebaya melawan PSS Sleman, ratusan suporter Bonek Mania turun ke lapangan dan membuat kerusuhan sebagai bentuk protes akibat tren negatif Bajol Ijo.

Aksi suporter semakin menjadi-jadi di tengah lapangan, antara lain merusak papan iklan, bench ofisial, bench pemain cadangan, jaring gawang dan sarana maupun fasilitas lainnya.

Aparat keamanan tidak bisa berbuat banyak dan suporter yang semakin marah membakar papan-papan iklan dan spanduk di lapangan hingga asap pekat membumbung tinggi dari dalam stadion.

Pada laga pekan 25 lanjutan Liga 1 musim kompetisi 2019 tersebut, tuan rumah Persebaya kalah dengan skor akhir 2-3 dari tim tamu PSS Sleman.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perekrutan PPPK Bakal Dibuka di 2020 Jika Urusan Ini Kelar

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka kemungkinan untuk kembali merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ,dari kalangan profesional pada 2020.

"Untuk PPPK profesional saya rasa iya (bakal diadakan)," ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja di Jakarta, seperti dikutip Kamis (31/10/2019).

Namun begitu, pria yang akrab disapa Iwan ini menyatakan, pihaknya masih berkomitmen untuk memastikan status PPPK rekrutan awal yang terganjal akibat kesiapan APBD dari pemerintah daerah.

Pemerintah juga akan mengkaji kebijakan yang mengatur perekrutan PPPK tahap pertama pada 2019. Kajian apakah masih relevan untuk mengadakan seleksi PPPK tahap selanjutnya.

"Kita akan lihat kembali kebijakannya, apakah masih fit atau tidak untuk kebijakan berikutnya," ungkap Iwan.

Sebagai informasi, penarikan PPPK sebagai PNS kontrak ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Pemerintah membuka pintu bagi profesional untuk dapat mengisi Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi tertentu.

Regulasi ini juga mewajibkan agar setiap instansi pemerintah menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PPPK berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja. Ini untuk jangka waktu 5 tahun yang diperinci per 1 tahun berdasarkan prioritas kebutuhan.

Saat ditanya waktu penerimaan PPPK bakal terselenggara, Iwan mengatakan, itu baru bisa terlaksana jika proses perekrutan PPPK Tahap I yang masih terkendala pembayaran gaji lewat APBD telah selesai.

"Setelah semua instrumen yang kita butuhkan (untuk kepastian status PPPK tahap awal), payung hukumnya selesai semuanya," tukas dia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Nasib PPPK Tunggu Ketok Palu APBD 2020

Ilustrasi Anggaran Belanja Negara (APBN)

Status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) rekrutan awal hingga saat ini masih belum jelas. Itu karena ketiadaan anggaran dari pemerintah daerah (pemda) untuk membayar gaji mereka.

Di sisi lain, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menetapkan tenggat waktu 30 November untuk pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Setiawan Wangsaatmaja, meminta para PPPK terpilih untuk bersabar hingga ada ketok palu penetapan anggaran daerah tahun depan.

"Mereka menunggu saja sampai dengan instrumen payung hukumnya selesai. Kayak dari sisi anggaran dan seterusnya. Jadi kurun waktu ini, mudah-mudahan tidak lama lagi bahwa itu semua sudah bisa terselesaikan," ungkap dia di Jakarta, seperti dikutip Kamis (31/10/2019).

Pria yang akrab disapa Iwan ini mengatakan, status PPPK baru akan pasti kalau sudah ada sistem penggajian yang jelas dari pemerintah daerah.

"Oleh karena itu, kalau kami asumsikan di akhir tahun ini (APBD 2020) selesai, artinya tahun depan sudah bisa dieksekusi semuanya," sambung dia.

Jika instrumen sistem penggajian ini sudah clear, ia meneruskan, Kementerian PANRB akan langsung menyebarkan surat edaran Menteri PANRB. Surat edaran tersebut berisi petunjuk penganggaran dan referensi sistem gaji untuk PPPK.

Iwan pun tak merisaukan jika surat edaran baru terbit pada Desember sementara APBD 2020 sudah harus ketok palu akhir November. Dia menilai, pemda bisa memanfaatkan pengajuan anggaran perubahan untuk gaji PPPK dalam APBD.

"Ya gapapa. Mereka kan dibayarkannya nanti. Ada anggaran perubahan kan," tukas dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aurel Hermansyah Digosipkan Pacaran dengan Teuku Rassya, Ini Curhatnya

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedekatan Aurel Hermansyah dengan Teuku Rassya tampaknya menimbulkan rumor di tengah masyarakat. Banyak dari warganet yang berspekulasi bahwa Aurel Hermansyah memiliki hubungan asmara dengan Rassya.

Rumor ini bermula saat Teuku Rassya mengunggah potretnya bersama Aurel Hermansyah di Instagram. Aurel Hermansyah diketahui tengah memberikan dukungannya pada usaha kuliner yang tengah dirintis oleh anak Tamara Bleszynski itu.

Unggahan tersebut lantas dianggap beberapa warganet sebagai sebagai indikasi hubungan spesial yang tengah dijalani Aurel Hermansyah dan Teuku Rassya.

Hal itu nampaknya juga membuat penasaran sahabat mereka, salah satunya Verrell Bramasta. Dalam sebuah video di kanal YouTube-nya, Verrell mencoba mendapatkan klarifikasi langsung dari Aurel Hermansyah.

"Rel, ada apa sih kamu sama Rassya?" tanya Verrell Bramasta, di kanal YouTube-nya, beberapa waktu lalu.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Klarifikasi

Aurel Hermansyah dan Teuku Rassya (Sumber: KapanLagi.com)

Aurel Hermansyah lantas memberikan jawabannya. Wanita 21 tahun ini mengaku tak memiliki hubungan spesial dengan Teuku Rassya.

"Sebenarnya enggak ada apa-apa. Beneran, jujur, enggak ada apa-apa," balas Aurel.

Pelantun "Dimarahin Tuhan" ini kemudian menceritakan awal mula kedekatannya dengan Teuku Rassya. Rupanya, Aurel mulai dekat dengan Rassya ketika sama-sama membintangi acara sahur di televisi dan melakukan duet tak lama setelah acara tersebut berakhir.

 

Kecewa

Aurel Hermansyah dan Teuku Rassya (Sumber: Instagram/teukurassya/aurelie.hermansyah)

Verrell Bramasta kemudian mengulik lebih lanjut perihal kedekatan Aurel dengan Rassya. Verrell menyebutkan bahwa ada salah satu pihak yang merasa kecewa karena pihak lainnya menjalin kedekatan dengan orang lain.

"Benar enggak sih? Dulu kalian sudah saling sayang satu sama lain, tapi ada salah satu pihak yang katanya kecewa karena pihak lainnya tiba-tiba dekat sama orang lain?" tanya Verrell.

Aurel kemudian menuturkan bahwa Teuku Rassya pernah kesal dengan keputusan Aurel untuk berpacaran. Aurel tak mengira putra Tamara Bleszynski tersebut akan bereaksi sedemikian rupa.

"Jadi, baru mulai duet, aku pacaran sama seorang cowok. Tiba-tiba TR (Teuku Rassya) marah. Dulu mikirnya aku kerja ya profesional aja," balas Aurel Aurel.

 

Bingung

Aurel Hermansyah dan Teuku Rassya (Sumber: KapanLagi.com)

Tak puas dengan jawaban Aurel Hermansyah, Verrell mengulik lebih dalam mengenai hubungan putri sulung Anang Hermansyah dan Krisdayanti ini dengan Teuku Rassya.

"Makanya aku juga bingung. Aku nyakitin tuh di bagian mana? Kan dulu juga dia yang tiba-tiba ngilang. Aku pernah chat juga kayaknya dia enggak respons," kata Aurel.

 

Membaik

Aurel Hermansyah dan Teuku Rassya (Foto: Instagram/@teukurassya)

Rassya diketahui baru kembali ke Indonesia pada September 2019 lalu setelah menyelesaikan pendidikannya di London, Inggris. Hubungan Aurel dan Rassya pun membaik ketika mereka melakukan kolaborasi di YouTube.

"Nah itu, baru benar-benar ngobrol, 'Ya sudah, maaf nih kalau punya salah'," ia mengakhiri.

 

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Iuran BPJS Kesehatan Naik, Menkes Jamin Pelayanan Meningkat

Posted: 30 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjamin bahwa kenaikan iuran BPJS Kesehatan akan meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abrakadabra, Anies Temukan Anggaran ATK Pemprov Capai Rp 1,6 Triliun

Posted: 30 Oct 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegur jajarannya terkait membengkaknya sejumlah anggaran dalam rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran (KUA-PPAS) untuk APBD 2020.

Teguran itu disampaikan Anies saat rapat bersama jajaran Pemprov DKI pada 23 Oktober 2019. Lalu oleh Dinas Komunikasi dan Informasi di laman youtube Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 29 Oktober 2019.

Salah satu anggaran yang menjadi sorotan Anies yakni mengenai komponen dari alat tulis kantor (ATK) yang mencapai Rp 1,6 Triliun padahal tahun sebelumnya sudah mencapai Rp 349 Milliar.

"Abrakadabra bukan? Bagaimana kita menjelaskannya bapak ibu sekalian? Sekarang pertanyaan saya tadi. Who gets what when where how much. Coba jelaskan," kata Anies dalam video tersebut.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut hal itu bentuk mempermalukan diri sendiri. Bahkan dia menyebut para jajarannya tidak dapat memberikan jawaban bila mereka ditanyai soal penganggaran itu.

"Kalau anak kita tanya nih, di rumah nih, bu, pak, apa sih yang ditulis di koran katanya ada 1,6 triliun. Bisa jawab tidak bapak ibu sekalian?," ucapnya.

Lalu Anies menyoroti mengenai pengadaan bolpoin yang mencapai Rp 635 Milliar menjadi pertanyaan buat Anies. Dia pun mencontohan tiba laser pointer yang dibawanya.

"Masih mau belanja lagi? Di mana-mana ini ada, bukan begitu bapak ibu sekalian. Oke saya tanya yang bikin ini (laser pointer) siapa bapak ibu? Pabrik. Bapak Ibu kirimkan uang itu ke mana? (Pabrik)," ujar Anies.

Kemudian dia mempertanyakan pengadaan komponen kertas dan folio yang mencapai Rp 213 miliar. Anies juga menyebutkan pengadaan tinta printer sebesar Rp 407 Milliar.

"What is going on, bapak ibu? Apa yang sedang terjadi ini? Stabilo Rp 3 Milliar," kata dia.

 

Bekerja di Luar Negeri

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan sambutan saat peresmian Air Siap Minum di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Fasilitas air siap minum itu diharapkan memberi rasa kenyamanan bagi setiap masyarakat yang memerlukan kebutuhan air minum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anies pun mencotohkan saat dirinya bekerja di luar negeri, di mana ATK merupakan tanggungjawab dari pribadi masing-masing. Dia pun juga merasa kaget saat jajarannya menganggarkan kalkulator mencapai Rp 31 Milliar.

"Ini dahsyat, bapak ibu, penghapus Rp 31 miliar, coba. Ini kalkulator, memang tahun ini enggak punya kalkulator begitu," jelasnya.

Sebelumnya, Pengadaan bolpoin sebesar Rp 124 milliar oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta menuai sejumlah kritikan. Besaran anggaran tersebut sempat dibeberkan oleh Fraksi PSI DPRD DKI.

Hasil tangkap layar dari website apbd.jakarta.go.id yang diperoleh PSI tertuliskan jenis bolpoin yang digunakan yakni pen drawing. Rencananya bolpoin tersebut diperuntukkan bagi 98 ribu pegawai.

Dalam data itu juga dituliskan setiap bulan pegawai mendapatkan satu buah bolpoin dengan harga satuan Rp 105.000 selama setahun.

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI, William Aditya menyatakan, data tersebut didapatkannya sebelum website anggaran milik Pemprov DKI Jakarta diturunkan pada 11 Oktober 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muhadjir Effendy Minta Seluruh Kementerian Gotong Royong

Posted: 30 Oct 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memberikan arahan kepada jajaran kementerian dan lembaga yang berada di bawah koordiasinya. Dia menegaskan, pedoman pembangunan nasional di seluruh kementerian harus sesuai arahan presiden

"Visi dan misi presiden menjadi pedoman percepatan pembangunan nasional, yaitu terwujudnya Indonesia maju berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkebudayaan yang berlandaskan gotong royong," kata Muhadjir dalam pemaparannya di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Muhadjir melanjutkan, dalam upaya merealisasi visi-misi presiden, khususnya yang menjadi konsen pemberdayaan manusia dan kebudayaan, Muhadjir meminta kementerian di bawah koordinasinya untuk berkerjasama dan gotong royong untuk merealisasikan tujuan tersebut.

"Koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian terhadap program di seluruh kementerian lembaga saya mohon seluruh menteri di bawah Menko PMK untuk memilih dan mengklasifikasi program strategis apa yang dapat disinergikan," jelas mantan Mendikbud ini.

Proaktif

Sinergi yang dimaksud Effendy adalah yang bersifat bilateral, trilateral atau pun multilateral. Karenanya, Muhadjir meminta kepada para sekretaris menteri dan deputi untuk bisa proaktif dengan tidak menunggu program Bappenas namun menyusul dan mengatahui persis seperti apa yang diinginkan.

"Jadi kita bisa koordinasi di level pertemuan hingga sampai level implementasi," Muhadjir menandasi.

Sebagai informasi, hadir dalam pertemuan hari ini seperti Menteri Agama, Menteri Pendidikan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Menteri Sosial, dan Menteri Pemuda dan Olahraga.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Suami Martha Tilaar Bersama Keluarga Sebelum Meninggal, Sosok Penyabar

Posted: 30 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berita duka datang dari keluarga besar Tilaar. Suami pendiri perusahaan kecantikan Martha Tilaar dikabarkan meninggal dunia di usia 87 tahun. Kabar ini diketahui pertama kali melalui laman akun Instagram @martha_tilaar. 

Suami Martha Tilaar yaitu Prof. Dr. Henry Alexis Rudolf (HAR) Tilaar meninggal dunia pada Rabu (30/10/2019) pukul 10.48 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Kabarnya jenazah akan disemayamkan Rumah Duka Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Ruang VIP G.

H.A.R Tilaar dikenal sebagai sosok yang sangat tertarik di bidang pendidikan. Semasa hidupnya, pria kelahiran Sulawesi Utara, 16 Juni 1932 ini merupakan sosok pendidik, pemikir dan praktisi pendidikan.

Ia menikah dengan Martha Handana atau kerap disapa Martha Tilaar pada 12 Januari 1964 silam. Dari pernikahan tersebut, Henry dan Martha dikaruniai empat anak, Bryan David Emil, Pingkan Engelien, Wulan Maharani dan Kilala Esra. H.A.R Tilaar merupakan sosok yang penyabar, rajin dan juga lembut di keluarga besarnya. 

Selain menjadi tokoh pendidikan yang sudah menulis banyak artikel serta meraih berbagai penghargaan bergengsi, di mata keluarganya ia merupakan sosok yang dekat dengan anak-anaknya. Berikut ini 7 potret H.A.R Tilaar bersama keluarganya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (31/10/2019). 

1. Potret H.A.R Tilaar dan Martha Tilaar bersama anaknya bernama Wulan, kompak gunakan batik.

Potret Henry Alex Rudolf Tilaar, suami Martha Tilaar. (Sumber: Instagram/@wulan_tilaar)

2. Berbeda dengan Martha Tilaar, sosok suaminya ini cukup jarang tersorot publik.

Potret Henry Alex Rudolf Tilaar, suami Martha Tilaar. (Sumber: Instagram/@wulan_tilaar)

3. Martha dan H.A.R Tilaar telah membina rumah tangga selama 55 tahun sejak 1964.

Potret Henry Alex Rudolf Tilaar, suami Martha Tilaar. (Sumber: Instagram/@wulan_tilaar)

4. H.A.R Tilaar dikenal sebagai sosok yang penyabar, pintar dan lembut di mata keluarganya.

Potret Henry Alex Rudolf Tilaar, suami Martha Tilaar. (Sumber: Instagram/@bryantilaar)

5. Langgeng selama 55 tahun, H.A.R Tilaar dan Martha sempat tak direstui lantaran berbeda suku.

Potret Henry Alex Rudolf Tilaar, suami Martha Tilaar. (Sumber: Instagram/@wulan_tilaar)

6. Setelah menikah, pasangan ini dikenal sebagai pasangan romantis dan menjadi inspirasi anak-anaknya.

Potret Henry Alex Rudolf Tilaar, suami Martha Tilaar. (Sumber: Instagram/@wulan_tilaar)

7. Ini momen ketika H.A.R Tilaar dan Martha merayakan ulang tahun pernikahan yang digelar bersama anak dan keluarganya.

Potret Henry Alex Rudolf Tilaar, suami Martha Tilaar. (Sumber: Instagram/@wulan_tilaar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twitter Setop Terima Iklan Politik Mulai 22 November 2019

Posted: 30 Oct 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - CEO Twitter, Jack Dorsey, pada Rabu (30/10/2019), mengumumkan Twitter akan berhenti menerima iklan politik. Kebijakan ini berlaku di seluruh dunia, dan akan dimulai pada 22 November 2019.

"Kami telah memutuskan untuk menghentikan semua iklan politik di Twitter secara global. Menurut kami, jangkauan pesan politik seharusnya didapatkan, bukan dibeli," ungkap Dorsey melalui akun Twitter miliknya.

"Pesan politik didapatkan ketika orang-orang memutuskan untuk mengikuti sebuah akun atau retweet. Membayar untuk mencapai menghilangkan keputusan tersebut, memaksa pesan politik yang sangat dioptimalkan dan ditargetkan pada orang-orang. Kami meyakini keputusan tersebut tidak boleh dikompromikan dengan uang," tambahnya.

Chief Financial Officer Twitter, Ned Segal, mengungkapkan perusahaan mendapat pemasukan tidak kurang dari USD 3 juta dari iklan politik pada tahun lalu. Ia menegaskan keputusan Twitter tidak berdasarkan uang.

"Keputusan ini berdasarkan prinsip, bukan uang," katanya.

 

 

Perbedaan Sikap Twitter dan Facebook

Dikutip dari CNN, Kamis (31/10/2019), keputusan Twitter ini muncul di tengah pengawasan ketat penanganan Silicon Valley terhadap iklan-iklan politik. Perusahaan media sosial, terutama Facebook, dikritik karena mengizinkan politisi menjalankan iklan palsu.

Pernyataan Dorsey berbanding terbalik dengan eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg dan Sheryl Sandberg, yang bersikeras mempertahankan kebijakan Facebook untuk tidak melakukan fact-checking terhadap iklan-iklan politik.

Zuckerberg menegaskan pendiriannya soal iklan politik pada Rabu (30/10/2019), dengan menyoroti perbedaan Facebook dan Twitter.

Tanpa secara langsung menanggapi pernyataan Dorsey, Zuckerberg membuka pengumuman pendapatan kuartal III perusahaan dengan mengatakan, "kita harus hati-hati dalam mengadopsi lebih banyak aturan," mengenai pernyataan politik.

"Di dalam demokrasi, saya pikir tidak tepat bagi perusahaan-perusahaan private menyensor politisi atau berita," tuturnya.

CEO Facebook itu menambahkan, akan melakukan evaluasi keuntungan mengizinkan iklan politik di layanannya. Sejauh ini, ia menyimpulkan mengizinkan iklan politik adalah pilihan yang tepat.

 

Respon Politisi dan Rincian Keputusan Twitter

Manager kampenye Presiden AS Donald Trump, Brad Parscale, menilai keputusan Twitter sebagai "keputusan yang sangat bodoh bagi pemegang saham mereka."

"Ini adalah upaya lain untuk membungkam konservatif. Twitter tahu Presidem Trump memiliki program online paling canggih yang pernah ada," katanya dalam sebuah pernyataan.

Dalam serangkaian twit panjang tentang keputusan Twitter, Dorsey mengatakan periklanan internet memiliki kekuatan yang sangat kuat dan efektif untuk pengiklan komersial.

Kekuatan tersebut membawa risiko yang sangat signifikan untuk politik, karena dapat memengaruhi suara yang berdampak pada kehidupan jutaan orang.

"Iklan politik internet mewakili tantangan baru bagi wacana kewarganegaraan: optimasi pesan berdasarkan machine learning, dan penargetan mikro, informasi menyesatkan yang tidak diperiksa, dan tipuan yang mendalam. Semua itu dengan peningkatan kecepatan, kecanggihan, dan skala yang luar biasa," jelas Dorsey.

Dorsey mengatakan, Twitter juga akan berhenti menjalankan iklan isu, yang dicirikan oleh Twitter sebagai iklan yang bertujuan mengadvokasi atau menentang isu legislatif yang memiliki kepentingan nasional.

Dorsey akan berbagi lebih banyak rincian tentang kebijakan baru Twitter mengenai iklan politik ini pada 15 November.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menerka Kuda-Kuda Nasdem Usai Bertemu PKS

Posted: 30 Oct 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasional Demokrat atau Nasdem berkunjung ke Markas DPP PKS, Jalan TB Simatupang Jakarta Selatan, Rabu 30 Oktober 2019. Disinyalisasi, kunjungan tersebut sebagai kuda-kuda politik ke depan.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menampik kunjungan itu sebagai persiapan bertarung di Pemilu 2024. 

"Mengenai 2024 masih lama sekali. Kami doakan semoga seluruh keluarga besar PKS sehat semua, energi positifnya menonjol demikian juga NasDem. Dengan motivasi ini kami lihat apa yang bisa dilakukan bersama," kata Paloh di Markas DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu 30 Oktober 2019.

Jawaban Paloh berbeda dengan pernyataan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. Menurut Sohibul, tak menutup kemungkinan PKS dengan Nasdem akan berkoalisi di Pilkada mendatang.

"Nanti kita akan komunikasi, nah dari komunikasi itu mungkin nanti ada peluang untuk kita bekerja sama, misal di Pilkada gitu. Tapi itu belum kami bicarakan hari ini," ujar Sohibul dalam kesempatan yang sama.

Menurut Sohibul, masih terlalu dini mengartikan pertemuan PKS dengan Nasdem untuk menyongsong tahun politik 2024. Menurutnya, saling kunjung mengunjungi antarpartai adalah hal wajar.

"Ini proses politik yang merupakan proses awal. Tujuannya satu saja membangun kesepahaman," Sohibul memungkasi.

 

Pendidikan Politik

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh Tampak Berpelukan dengan Presiden PKS, Sohibul Iman. Kedua Partai Tersebut Menggelar Pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019). (Foto: Merdeka.com)

Sebelumnya, Surya Paloh menyebut, silaturahmi dengan PKS ini merupakan pendidikan politik bagi masyarakat. Ia ingin, masyarakat menilai pertemuan Nasdem dan PKS sebagai bagian dari tatanan kehidupan berbangsa yang baik.

"Salah satu bagaimana lebih menekankan proses pendidikan politik, itu yang kami bicarakan tadi. Politik yang mengandung nilai dan etika moralitas bagi tatanan kehidupan kebangsaan kita, kalau itu hal yang prinsip dan mendasar," tutur Paloh.

Menurut Paloh, kerja sama yang akan dibangun oleh Nasdem dan PKS ini tidak melihat pilihan politik kedua partai. Ia yakin, Nasdem dan PKS bisa menyisihkan perbedaan untuk kepentingan bangsa.

"Artinya memang kerja sama itu kan dilakukan pada semua dan para pihak, tidak terbatas pada satu, dua institusi politik, semuanya," tutupnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Malaysia 2019: Sengit Berebut Posisi Tiga

Posted: 30 Oct 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- MotoGP 2019 akan berlanjut di Malaysia akhir pekan ini. Meski juara dunia sudah jadi milik Marc Marquez, persaingan seru masih akan terjadi di Sirkuit Sepang. Beberapa pembalap berebut menjadi peringkat tiga.

Saat ini posisi tiga ditempati oleh pembalap Suzuki Alex Rins. Dia mendapat 183 poin. Rins hanya unggul tujuh poin dari jagoan Yamaha Maverick Vinales.

Danilo Petrucci menyusul di urutan lima dengan koleksi 169 poin. Fabio Quartararo yang ada di posisi enam juga masih bisa mengejar. Quartararo mendapat 163 angka.

Marquez juga masih bernafsu menang di MotoGP Malaysia. Dia ingin meraih enam kemenangan beruntun setelah berjaya di Australia pekan lalu.

Selain itu, pada balapan musim lalu, Marquez menjadi juara MotoGP Malaysia. Pembalap berusia 26 tahun tersebut lebih cepat dari Alex Rins dan Johann Zarco.

 

Jadwal MotoGP Malaysia

1 November 2019

09.50 - 10.30 WIB: Sesi latihan bebas pertama

14.05 - 14.50 WIB: Sesi latihan bebas kedua

2 November 2019

09.50 - 10.35 WIB: Sesi latihan bebas ketiga

13.25 - 13.55 WIB: Sesi latihan bebas keempat

14.05 - 14.55 WIB: Sesi kualifikasi

3 November 2019

08.40 - 09.00 WIB: Sesi pemanasan

14.00 WIB: Balapan

Live di Trans 7

Klasemen MotoGP

Ilustrasi MotoGP (AFP/Manan Vatsyayana)

Klasemen MotoGP 2019

1. Marc Marquez (Honda): 375 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati): 240 poin

3. Alex Rins (Suzuki): 183 poin

4. Maverick Vinales (Yamaha): 176

5. Danilo Petrucci (Ducati): 169 poin

6. Fabio Quartararo (Yamaha): 163 poin

7. Valentino Rossi (Yamaha): 153 poin

8. Jack Miller (Ducati): 141 poin

9. Cal Crutchlow (Honda): 133 poin

10. Franco Morbidelli (Yamaha): 105 poin

11. Pol Espargaro (KTM): 89 poin

12. Joan Mir (Suzuki): 77 poin

13. Takaaki Nakagami (Honda): 74 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia): 53 poin

15. Francesco Bagnaia (Ducati): 50 poin

16. Andrea Iannone (Aprilia): 43 poin

17. Miguel Olivieira (KTM): 33 poin

18. Johann Zarco (Honda): 30 poin

19. Jorge Lorenzo (Honda): 23 poin

20. Tito Rabat (Ducati): 18 poin

21. Hafiz Syahrin (KTM): 8 poin

22. Mika Kallio (KTM): 6 poin

23. Karel Abraham (Ducati): 5 poin

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Rumah Natasha Wilona, Mewah dan Bernuansa Klasik

Posted: 30 Oct 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal Natasha Wilona? Wanita kelahiran Jakarta, 15 Desember 1998 ini merupakan salah satu artis yang kerap menghiasi layar kaca Tanah Air. Namanya semakin dikenal publik saat bermain sinetron Anak Jalanan. Di tengah kariernya yang bersinar, kehidupan asmara Natasha Wilona pun juga berwarna.

Seperti diketahui, Natasha Wilona pernah menjalin asmara dengan beberapa aktor. Seperti Steven William dan Verrel Bramasta. Kini ia tengah dikabarkan dekat dengan pemain bulutangkis berbakat, Kevin Sanjaya.

Tak hanya seputar asmara dan kariernya dalam berakting, bahkan penampakan rumah mewah miliknya tak lepas dari sorotan publik. Melalui akun YouTube Atta Halilintar, Natasha menunjukkan beberapa potret penampakan rumahnya yang bergaya American Classic.

Buah dari kerja kerasnya selama ini, rumah gadis 21 tahun ini tampak megah dan nyaman. Selain itu, terdapat ruang khusus untuk menyimpan berbagai barang branded milik Natsha, seperti tas dan sepatu.

Tak hanya itu, Natasha Wilona juga memiliki ruangan favoritnya. Penasaran seperti apa rumah Natasha Wilona? Berikut potretnya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2019).

1. Begini potret ruang tamu milik Natasha Wilona, terlihat nyaman dan dilengkapi dengan televisi berukuran besar.

Natasha Wilona (Sumber: YouTube/Atta Halilintar)

2. Rumah Natasha Wilona didominasi dengan warna putih dan bergaya American Clasic.

Natasha Wilona (Sumber: YouTube/Atta Halilintar)

3. Dapur di rumah Natasha bernuansa klasik dan dilengkapi dengan mini bar.

Natasha Wilona (Sumber: YouTube/Atta Halilintar)

4. Rumahnya terdapat dua lantai, di tembok tangga tertempel foto Natasha Wilona yang didapat dari fans.

Natasha Wilona (Sumber: YouTube/Atta Halilintar)

5. Nah ini dia tempat favorit Natsha Wilona, kamar tidur yang mewah dan elegan.

Natasha Wilona (Sumber: YouTube/Atta Halilintar)

6. Kamar mandinya pun terlihat elegan dan didominasi warna putih.

Natasha Wilona (Sumber: YouTube/Natasha Wilona)

7. Terdapat ruangan khusus untuk menyimpang barang-barang branden milik Natasha Wilona.

Natasha Wilona (Sumber: YouTube/Atta Halilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo dan Tito Absen di Rapat Perdana Kemenko Polhukam

Posted: 30 Oct 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) menggelar rapat perdana bersama kementerian di bawahnya, Kamis (31/10/2019). Rapat dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Mahfud Md.

"Ini rapat pertama hari ini dan kebetulan nanti siang ada rapat terbatas bidang Polhukam dengan Presiden, di mana bidang kita nanti harus presentasi tentang kebijakan-kebijakan dan program-program yang ada untuk bisa diintegrasikan dan didiskusikan dengan Presiden," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Kamis.

Dia menegaskan, para menteri dan pejabat baru tentu dalam seminggu terakhir masih sibuk belajar, meskipun tahu inti dari pekerjaannya.

"Untuk itu pada hari ini, sebanyak mungkin saya akan mendengar atau kita akan saling mendengar dari semuanya yang hadir. Ini tidak usah terlalu lama, tapi yang pokok dulu dan menjadi sasaran," kata Mahfud.

Dia lantas mengabsen satu per satu menteri dan pejabat di bawahnya. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian absen lantaran tengah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Jatinangor, Jawa Barat.

"Menteri Luar Negeri Ibu Retno, hadir. Menteri Hukum dan HAM (Yasonna) sedang dalam perjalanan, tapi akan hadir. Menteri Pertahanan (Prabowo) Kunker ke luar kota hari ini, dalam hal ini diwakili Wamen (Sakti Wahyu Trenggono). Siang nanti ikut ke Istana. Menkominfo (Johnny G Plate) hadir. Kemudian Menpan RB (Tjahjo Kumolo) hadir," tutur Mahfud.

 

Jaksa Agung hingga Kepala BIN

Rapat tersebut juga dihadiri, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala BSSN Hinsa Siburian, Kepala Bakamla Laksamana Madya A Taufiq R.

Sementara pejabat yang absen, di antaranya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Plt Kapolri Komjen Ari Dono, Kepala BNPB Doni Monardo, serta Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius.

"Semua unsur terpenuhi," pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: