Minggu, 20 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Momen Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres Republik Indonesia

Posted: 20 Oct 2019 12:13 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden dilakukan di Gedung MPR Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, pukul 14.30 WIB, Minggu (20/10/2019).

"Rundown yang terakhir dimulai pukul 14.30 ya," kata Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ma'ruf Cahyono di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat 18 Oktober 2019.

Sejak Sabtu malam, aparat keamanan sudah bersiaga. Sebanyak 31 ribu personel gabungan TNI-Polri disiagakan jelang pelantikan Presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi hari ini.

Minggu pagi, sejumlah jalan di sekitar Istana dan Kompleks Parlemen ditutup. 

Sementara, Jokowi dan Ma'ruf Amin melakukan kegiatan seperti biasa jelang pelantikan. 

Nah, bagaimana persiapan dan jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 hari ini? Ikuti Live Report Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Liputan6.com:

Kegiatan Pagi

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin mengawali hari dengan berolahraga di sekitaran kompleks tempat tinggalnya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) pagi. (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

 06.00 WIB

Ma'ruf Amin berolahraga pagi jelang pelantikan.

07.00 WIB

Panglima TNI dan Kapolri menyusuri Jalan Sudirman, lalu ke DPR dan lanjut ke Gedung Graha Jalapuspita untuk mengecek kesiapan.

 07.39 WIB

Jalan Thamrin menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat ditutup.

 08.00 WIB

Jalan sekitar DPR ditutup.

09.00 WIB

Jokowi dan Iriana Jokowi menerima Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dilanjut Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

 

Tamu Undangan Mulai Berdatangan

Prabowo Subianto tiba di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

12.50 WIB

Prabowo Subianto bersama Sandiaga Uno tiba di Gedung Nusantara III. Keduanya datang bersama naik mobil putih bernomor pelat B 108 PSD. Sejumlah petinggi Partai Gerindra menyambut di lobi.

13.31 WIB

Menperin Airlangga Hartarto tiba di Gedung Nusantara III. Mengenakan seteah jas hitam dan kemeja putih, Airlangga hanya melambaikan tangan dan memberikan jempolnya.

 

Ma'ruf Amin Menuju Gedung MPR

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Liputan6.com)

13.49 WIB

Ma'ruf Amin tinggalkan kediamannya di Jalan Situbondo, Jakarta, menuju ke Gedung MPR.

13.50 WIB

Sejumlah kepala daerah mulai memasuki ruang rapat paripurna I di Gedung Nusantara tempat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Beberapa yang sudah hadir adalah Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

13.51 WIB

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tiba di Gedung MPR.

 

Ma'ruf Amin Tiba di Gedung MPR

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin (tengah) memberi keterangan usai bertemu Pimpinan MPR di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Pimpinan MPR mengunjungi kediaman Ma'ruf Amin untuk mengantarkan undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

14.07 WIB

Ma'ruf Amin tiba di Gedung MPR. Dia disambut oleh pimpinan MPR.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester United vs Liverpool: Beda Kelas

Posted: 20 Oct 2019 12:10 AM PDT

Jakarta Liverpool akan berkunjung ke markas Manchester United (MU) di Old Trafford pada laga pekan kesembilan Premier League, Minggu (20/10/2019). Meski bermain di kandang lawan, The Reds jauh diunggulkan untuk meraih kemenangan.

Liverpool berada di atas angin saat ini. Sebab mereka belum pernah tersentuh kekalahan dari delapan laga musim ini. Bahkan, mereka memenangi semua laga tersebut.

Tim asuhan Jurgen Klopp tersebut bisa memaksakan kemenangan, meski tidak tampil dalam performa terbaiknya. Hal tersebut terlihat ketika mereka berhadapan dengan Sheffield United dan Leicester City.

Dalam dua laga itu mereka sama-sama cuma menang tipis saja. Lawan Sheffield, Liverpool menang 0-1 berkat gol Georginio Wijnaldum pada menit ke-70. Itu pun berkat blunder sang kiper lawan.

Kemudian pada laga lawan Leicester, The Reds memang sempat mendominasi dan mencetak gol melalui Sadio Mane lebih dahulu. Namun pada babak kedua, mereka balik tertekan dan James Maddison mampu menyamakan kedudukan. The Reds akhirnya bisa menang berkat penalti James Milner pada menit 90+5.

Di sisi lain, Manchester United tampil tidak konsisten. Mereka sempat menang atas Leicester City. Namun kemudian, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu dibekuk West Ham United dengan skor 2-0.

Mereka kemudian menahan imbang Arsenal 1-1 di Old Trafford. Saat itu Scott McTominay membuat Tim Setan Merah unggul lebih dulu, sebelum Pierre-Emerick Aubameyang akhirnya menyamakan kedudukan.

Tetapi pada laga berikutnya, di kandang Newcastle, MU kalah lagi 0-1. Meski dominan dalam penguasaan bola, mereka tumbang berkat gol Matthew Longstaff.

Situasi jadi makin ambyar bagi Manchester United karena mereka akan kehilangan sejumlah pemain pilar saat menjamu Liverpool. Jadi wajar jika The Reds diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan perdananya di Old Trafford sejak 2014 silam.

  * Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Prakiraan Susunan Pemain dan Catatan Pertemuan Kedua Tim

Gelandang Manchester United, Ashley Young, menghalau umpan gelandang Liverpool, Naby Keita, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (16/12). Liverpool menang 3-1 atas MU. (AFP/Paul Ellis)

Manchester United (4-2-3-1): Romero; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Young; McTominay, Matic; James, Mata, Rashford; Martial.

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)

Info Skuat: Eric Bailly (cedera), Timothy Fosu-Mensah (cedera), Phil Jones (cedera), Diogo Dalot (cedera), Paul Pogba (cedera), David De Gea (cedera) Luke Shaw (diragukan bisa main), Jesse Lingard (diragukan bisa main).

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent, Matip, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Info Skuat: Nathaniel Clyne (cedera), Xherdan Shaqiri (cedera).

Head to head kedua tim:

  • 24/02/19 Manchester United 0-0 Liverpool (Premier League)
  • 24/02/19 Liverpool 3-1 Manchester United (Premier League)
  • 29/07/18 Manchester United 1-4 Liverpool (International Champions Cup)
  • 10/03/18 Manchester United 2-1 Liverpool (Premier League)
  • 14/10/17 Liverpool 0-0 Manchester United (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Manchester United:

  • 06/10/2019 Newcastle United 1-0 Manchester United (Premier League)
  • 03/10/2019 AZ Alkmaar 0-0 Manchester United (Liga Europa)
  • 01/10/2019 Manchester United 1-1 Arsenal (Premier League)
  • 26/09/2019 Manchester United P1-1 Rochdale (Piala Liga)
  • 22/09/2019 West Ham 2-0 Manchester United (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool:

  • 05/10/2019 Liverpool 2-1 Leicester City (Premier League)
  • 03/10/2019 Liverpool 4-3 RB Salzburg (Liga Champions)
  • 28/09/2019 Sheffield United 0-1 Liverpool (Premier League)
  • 26/09/2019 MK Dons 0-2 Liverpool (Piala Liga)
  • 22/09/2019 Chelsea 1-2 Liverpool (Premier League)

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Dimas Ardi Prasetya/Published: 19/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Nobar Pelantikan, Gedung Milik Keluarga Jokowi Dipakai Acara Pernikahan

Posted: 20 Oct 2019 12:08 AM PDT

Liputan6.com, Solo - Suasana kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo cukup lengang. Hal ini disebabkan keluarga besar mantan Wali Kota Solo itu berangkat ke Jakarta untuk hadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Pantauan Liputan6.com, kawasan di rumah pribadi Jokowi yang beralamat di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo terlihat lengang. Tidak ada kendaraan yang melintas di sepanjang jalan depan kediaman tersebut.

Sementara itu, petugas polisi hanya terlihat berjaga di simpang empat Sate Pak Dahlan Sumber yang berjarak sekitar 400 meter dari rumah Presiden. Sedangkan, di mulut gang jalan menuju kediaman Jokowi tidak ada petugas, tetapi di depan rumah itu terdapat anggota Paspampres yang berjaga di pos pengamanan.

Keramaian justru terlihat di gedung serba guna milik keluarga Presiden Jokowi, Grha Sabha Buwana. Terdapat dua petugas polisi dan TNI yang berjaga di depan, pasalnya gedung itu sedang disewa untuk pernikahan.

Seperti diketahui keluarga besar Presiden Jokowi di Solo telah berangkat untuk menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden sejak beberapa hari lalu.

Anggota keluarga Presiden sendiri yang terakhir berangkat ke Jakarta adalah putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Ia berangkat ke Jakarta sendirian menggunakan pesawat pada Minggu pagi tadi.

Sedangkan istri Gibran, Selvi Ananda dan putranya Jan Ethes Srinarendra tidak ikut berangkat. Penyebabnya adalah mantan Putri Solo itu sedang hamil tua. Adapun Jan Ethes harus menemani ibundanya di rumah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Bersama Istri Menuju DPR

Posted: 20 Oct 2019 12:07 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin mulai berangkat ke lokasi pelantikan dari kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com Ma'ruf bersama rombongan berangkat pukul 13.50 WIB. Sebelum berangkat pun, Ma'ruf meminta doa agar kepemimpinannya bersama Joko Widodo atau Jokowi berjalan lancar.

"Dalam menjalankan negara supaya juga berjalan dengan baik. Target tercapai, dihilangkan hambatan dimudahkan upaya yang kita lakukan," kata Ma'ruf, Minggu (20/10/2019).

Ma'ruf meninggalkan kediamannya menggunakan mobil Mercy B 1925 RFS. Dari kejauhan, Ma'ruf mengenakan kemeja putih dengan balutan jas hitam dan celana panjang hitam. Dari kaca mobil nampak maruf beserta istri melambaikan tangan ke arah awak media

Sebelum meninggalkan rumahnya, Ma'ruf Amin mengajak pihak pihak yang berada di rumahnya berdoa.

"Dalam rangka nanti menjalankan tugas negara, supaya juga berjalan dengan baik, target-target yang kita inginkan tercapai, dihilangkan hambatan, dimudahkan upaya yang kita lakukan, sebelum berangkat saya ajak berdoa," kata Ma'ruf Amin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen 6 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin

Posted: 20 Oct 2019 12:05 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Joko Widodo kembali dilantik sebagai Presiden bersama Ma'ruf Amin yang terpilih menjadi Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Minggu (20/10/2019). 

Dalam proses pelantikan tersebut MPR telah menyampaikan undangan kepada para tokoh nasional, termasuk Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Ada pula undangan untuk mantan kompetitor Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019, yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, proses pelantikan mantan Walikota Solo ini juga dihadiri sejumlah kepala negara. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebutkan, setidaknya 17 kepala negara telah mengonfirmasi kehadirannya pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2019-2024.

Dalam proses pelantikan, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan para kepala negara di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Jakarta. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kedatangan kepala negara saat hadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Minggu (20/10/2019) 

1. Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah menjadi tamu negara pertama yang diterima oleh Jokowi, yakni pukul 09.00 WIB.

Momen Kepala Negara Saat Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sumber: Instagram/sekretariat.kabinet)

2. Perdana Menteri Australia Scott Morrison bersama istri Jenny Morisson hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Momen Kepala Negara Saat Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sumber: Instagram/sekretariat.kabinet)

3. Bersama Iriana, mantan Wali Kota Solo ini menyambut kehadiran Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Momen Kepala Negara Saat Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sumber: Instagram/sekretariat.kabinet)

4. Jokowi menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, sekitar pukul 10.00 WIB di Istana Merdeka, Jakarta.

Momen Kepala Negara Saat Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sumber: Instagram/sekretariat.kabinet)

5. Raja Eswatini, Mswati III bersama istrinya, Siphelele Mashwama menjadi kepala negara kelima yang bertemu Jokowi.

Momen Kepala Negara Saat Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sumber: Instagram/sekretariat.kabinet)

6. Sekretaris Luar Negeri Filipina, Hon. Teodoro Locsin, Jr., ditemani oleh istrinya, Ma. Lourdes Barcelon, tiba di Jakarta untuk menghadiri Pelantikan Presiden Joko Widodo.

omen Kepala Negara Saat Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sumber: Twitter/wee_leehiong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boris Johnson Kirim Surat Permohonan Perpanjangan Waktu untuk Brexit ke UE

Posted: 20 Oct 2019 12:05 AM PDT

Liputan6.com, London - Boris Johnson telah mengirim permintaan ke UE untuk penundaan masalah Brexit, tetapi tanpa disertai tanda tangannya.

Dilansir dari BBC, Minggu (20/10/2019), permintaan itu disertai dengan surat kedua, yang ditandatangani Johnson, yang mengatakan ia yakin penundaan akan menjadi suatu kesalahan.

PM diwajibkan hukum untuk meminta perpanjangan tenggang waktu, yang sebelumnya dijadwalkan pada 31 Oktober dari UE setelah kehilangan suara Commons.

Presiden Dewan Uni Eropa, Donald Tusk menuliskan dalam akun Twitternya bahwa dia telah menerima permintaan perpanjangan waktu dari PM Boris Johnson. Dia menambahkan bahwa pihaknya akan berkonsultasi dengan para pemimpin Uni Eropa tentang keputusan akan permohonan tersebut. 

Beberapa jam setelah kalah suara dalam momen bersejarah di House of Commons, perdana menteri memerintahkan seorang diplomat senior untuk mengirim fotokopi permintaan penundaan yang tidak ditandatangani, yang dipaksakan kepadanya oleh anggota parlemen bulan lalu.

Pemerintah akan melanjutkan upaya untuk meloloskan revisi perjanjian Brexit yang disepakati dengan para pemimpin Uni Eropa pekan lalu ke dalam undang-undang. Johnson juga yakin bahwa dapat menyelesaikannya pada 31 Oktober mendatang.

Sebuah catatan penutup dari Sir Tim Barrow, perwakilan Inggris di Brussels, menjelaskan surat pertama yang mematuhi hukum sebagaimana disepakati oleh Parlemen.

Perdana menteri sebelumnya mengatakan dia "lebih baik mati di selokan" daripada meminta UE untuk menunda Brexit.

 Sebelumnya, Johnson menghubungi para pemimpin Eropa, termasuk Tusk, untuk menegaskan bahwa surat itu "adalah surat Parlemen, bukan surat saya".

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

Isi Surat Permohonan Johnson

Ketua Dewan Uni Eropa Donald Tusk (AFP)

Kutipan dari surat Johnson kepada Tusk:

"Perwakilan Permanen Inggris akan ... mengajukan permintaan yang diamanatkan oleh UE (Penarikan) (UU No.22) 2019 hari ini. Tentu saja, Dewan Eropa memutuskan kapan mempertimbangkan permintaan ini."

"Meskipun saya lebih suka hasil sebaliknya, Pemerintah akan terus maju dengan ratifikasi dan memperkenalkan undang-undang yang diperlukan awal minggu depan. Saya tetap yakin bahwa kami akan menyelesaikan proses itu pada 31 Oktober.

"Meskipun terbuka bagi Dewan Eropa untuk menyetujui permintaan yang diamanatkan oleh Parlemen atau untuk menawarkan periode perpanjangan alternatif, saya telah menjelaskan sejak menjadi Perdana Menteri ... bahwa perpanjangan lebih lanjut akan merusak kepentingan Inggris dan Uni Eropa, dan hubungan antara Inggris dan UE."

"Kita harus menarik kesimpulan dari proses ini sehingga kita dapat pindah ke fase berikutnya dan membangun hubungan baru di atas fondasi sejarah panjang kita sebagai tetangga dan mitra di benua ini."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Ridwan Kamil di Periode Kedua Pemerintahan Jokowi

Posted: 20 Oct 2019 12:04 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil berharap, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bisa menyetujui rencana pemekaran di beberapa wilayah di Jabar.

"Ya Jabar itu ada dua sebenarnya permintaannya. Kalau boleh daerah tingkat II-nya dimekarkan," kata Ridwan Kamil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/7/2019).

Menurut Ridwan Kamil, penduduk Jabar sudah hampir 50 juta jiwa. Sementara daerahnya hanya punya 27, sehingga perlu pemekaran di tingkat II.

"Penduduknya terlalu banyak hampir 50 juta, kurang ke urus secara daerah yang cuma 27. Jawa timur aja penduduk 40 (juta), daerahnya 38," ucap dia.

Selain itu, Ridwan Kamil ini berharap, ingin ada keadilan terkait fiskal. Sebab, dia melihat saat ini belum ada pemerataan fiskal di Jabar.

"Harusnya fiskal ke kami ini sesuai dengan jumlah penduduk. Kalau penduduknya besar, bantuan fiskalnya juga harusnya besar. Sekarang masih belum lah ya, hanya dua itulah kira-kira," ucapnya.

"Jabar 20 persennya Indonesia. Jadi kalau Jawa Baratnya bisa kondusif ya InsyaAllah menyumbangkan kondusifitas di Indonesia," sambung dia.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Menurut Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, persiapan acara pelantikan sudah hampir maksimal. (Liputan6.com/JohanTallo)

MPR sebelumnya menyepakati jalan tengah penyelenggaraan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Minggu, 20 Oktober 2019. MPR sepakat untuk mengusulkan pelantikan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

"Akhirnya kita sepakat untuk mengusulkan nanti baik kepada kesekjenan, maupun protokol istana, baik juga kepada presiden untuk dilakukan pukul 14.00," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo usai rapat pimpinan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 9 Oktober 2019.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih awalnya direncanakan digelar pada pukul 10.00 WIB. Namun, karena alasan pelantikan dilakukan pada hari Minggu, diusulkan dilakukan pada sore pukul 16.00 WIB. Sebab, ada masyarakat yang ibadah pagi dan berbenturan dengan car free day (CFD).

"Tapi ada juga wacana tadi kita diskusikan, kalau jam 16.00 WIB terlalu mepet dengan Maghrib," kata Bamsoet.

Namun, akhirnya diambil jalan tengah diusulkan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden digelar pada pukul 14.00 WIB. Alasannya, car free day berakhir, ibadah pagi selesai, dan tidak mepet waktu salat.

"Kenapa, karena car free day berakhir jam 11, kemudian ibadah juga bisa selesai jam 12.00-an jam 1, kita juga yang muslim selesai salat zuhur, dan selesai upacara kita juga masih bisa salat ashar," kata Bamsoet.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Shopee Liga 1 Semen Padang Vs Madura United di Indosiar 16.00 WIB

Posted: 20 Oct 2019 12:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Semen Padang harus menjamu Madura United di Stadion H Agus Salim, Padang, Minggu (20/10/2019) dan disiarkan Indosiar pukul 16.00 WIB. Semen Padang bakal kedatangan tamu kuat saat berniat melanjutkan catatan tak terkalahkan mereka dalam lima pertandingan terakhir Shopee Liga 1 2019.

Kondisi mental para pemain Semen Padang memang tengah tinggi setelah sejumlah hasil positif. Itu bisa menjadi bekal untuk meladeni perlawanan Madura United di laga pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019 ini.

Menaklukkan Madura United di hadapan publik Padang atau sekadar mengantongi satu poin bukan lagi hal mustahil buat Semen Padang. Bahkan pada pertemuan di putaran pertama, Semen Padang mampu menahan 1-1 Laskar Sape Kerrab di Pamekasan.

Pelatih Madura United, Rasiman, menyebut target kemenangan harus menjadi semangat anak asuhnya dalam laga ini. Dia masih berkutat pada masalah lama pemainnya yang kerap melakukan kesalahan sepele.

Rasiman tidak ingin hal itu terjadi lagi di kandang Semen Padang, karena tuan rumah bisa memanfaatkannya sewaktu-waktu. Dia meminta para pemain Madura United fokus sepanjang pertandingan dan memeragakan permainan agresif seperti biasanya.

Laga Shopee Liga 1 2019 ini bisa disaksikan secara langsung di Indosiar atau live streaming melalui situs Vidio.com. Berikut link live streaming laga Semen Padang vs Madura United.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan pertandingan Semen Padang vs Madura United melalui live streaming, silakan klik di sini....

Perkiraan Susunan Pemain

Semen Padang (4-4-2): Teja Paku Alam (kiper); Dedi Gusmawan, Muhammad Rifqi, Syaeful Anwar, Dedi Hartono (belakang); Flavio Beck Junior, Fridolin Kristof Yoku, Leo Guntara, Yu Hyun-koo (tengah); Irsyad Maulana, Vanderlei Francisco (depan)

Pelatih: Eduardo Almeida

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Ante Bakmaz, Kadek Raditya, Andik Rendika Rama (belakang); Zulfiandi, Asep Berlian, Diego Assis (tengah); Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo (depan)

Pelatih: Rasiman

Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dokter Spesialis Ini Melayani Pasien Dengan Tarif Cuma Rp 900

Posted: 20 Oct 2019 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta S.C. Shankare Gowda adalah sosok yang mengabdikan diri untuk melayani masyarakat pedesaan Shivalli, India. Pasien yang datang berobat hanya dikenakan biaya Rp 900

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Euforia di Ponpes Milik Ma'ruf Amin Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

Posted: 20 Oct 2019 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Serang - Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres), aktivitas santri dan santriwati di Pondok Pesantren (Ponpes) milik Ma'ruf Amin, Syekh An-Nawawi al-Bantani di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, berjalan seperti biasa. Tidak ada aktivitas yang menonjol dan tidak tampak euforia yang berlebihan.

"Kita berjalan biasa saja, tidak ada yang berlebihan. Rencananya nanti paling ada nonton bareng pelantikan bareng santri," kata Kepala Madrasah Aliyah (MA) An-Nawawi, Badrun, ditemui di ruangannya di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (20/10/2019).

Aktivitas para santri pun berjalan normal. Dimulai sejak pukul 04.30 WIB, para santri dan guru memulainya dengan salat subuh berjemaah di Masjid Penata, yang ada di dalam lingkup Pondok Pesantren (Ponpes) Syekh Nawawi al-Bantani. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Alquran. Kegiatan belajar mengajar pelajaran umum dilakukan sejak pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Berbagai aktivitas pendidikan umum dan agama terus dilakukan hingga pukul 22.00 WIB malam. Begitulah aktivitas di Ponpes Syekh Nawawi al-Bantani setiap harinya. Bahkan, saat pelantikan tiba. Jika sekolah umum libur setiap hari Minggu, maka 1.118 santri di ponpes liburnya tetap hari Jumat tiap pekan.

"Santri juga belajar seperti biasa, tidak ada yang berubah. Kita juga memadukan pendidikan agama dan umum di sini. Agar santri siap kerja setelah lulus nanti," jelasnya.

Saat ditemui, Badrun yang mengenakan peci dari anyaman berwarna cokelat, berkoko putih, dan bersarung cokelat bercerita kalau malam tadi para santri, pengurus Ponpes, dan para guru menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara, begitu juga demi kelancaran saat pelantikan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sebagai pemimpin Bangsa Indonesia lima tahun ke depan.

"Semalam juga kita gelar doa bersama bareng santri bakda Isya, untuk keselamatan semuanya," ujarnya.

Tim relawan Jokowi-KH.Ma'ruf Amien di Banten dari Balad Jokowi (Bajo) Banten, Dadan Suryana, berharap di bawah pemerintahan pasangan nasionalis dan religius tersebut, kesejahteraan rakyat Indonesia terjamin dalam lima tahun ke depan.

Dadan mengaku pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019 ini, dilakukan secara demokratis. Sehingga dia berharap pelantikan Presiden dan Wapres yangbakam berlangsung hari ini, berjalan dengan lancar dan aman.

"Ini momen kegembiraan dan kebanggaan khususnya bagi masyarakat Banten, karena ini momen bersejarah untuk pertama kalinya putra Banten menjadi orang nomor dua di republik. Kita semua berharap dan yakin bahwa Indonesia akan jauh lebih baik lagi," kata Ketua Bajo Banten, Dadan Suryana, melalui sambungan selulernya, Minggu (20/10/2019).

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPPT Bakal Siapkan 1000 Lokasi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik

Posted: 20 Oct 2019 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) saat ini sedang mempersiapkan tempat pengisian daya kendaraan bermotor listrik berbasis baterai yang lebih canggih.

Hal tersebut merupakan langkah kongkrit bersama untuk mengimplementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019.

Adapun Perpres tersebut berisikan tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

"Kami kebagian tugas dari Bappenas untuk mengkaji dan menerapkan teknologi guna tempat pengisian dayanya" ujar Maulana Dwi Nur Dawami, Staf Bidang Teknologi Kelistrikan saat Tekno Liputan6.com temui baru-baru ini.

Dirinya juga mengatakan, kisaran tahun 2020 hingga 2024, BPPT berharap telah memiliki 1000 tempat pengisian daya di kota-kota besar Indonesia.

"Tergantung dari animo masyarakat kota, bila diterima dengan baik maka akan memperluas jangkauan tempat pengisian daya ke desa-desa di Indonesia."

Sejauh ini, sudah ada dua tempat pengisian daya di daerah Jabodetabek sendiri, yaitu di Thamrin dan Serpong.

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Memperkenalkan Gelata

Lebih lanjut, Dwi juga memperlihatkan prototipe pengisian daya yang baru. "Prototipe ini baru jadi Agustus kemarin, kita bikin agar bisa nge-charge motor listrik" ujarnya.

Diberi panggilan "Gelata", prototipe ini memiliki bentuk yang mirip dengan ubur-ubur di lautan.

Selang pengisian daya yang dimiliki Gelata ini cukup banyak, salah satu selangnya mendukung untuk mengisi daya motor listrik Gesits

Berdasarknan kemampuan baru tersebut, tidak menutup kemungkinan jika Gelata kedepannya akan dikembangkan menjadi tempat pengisian daya yang jauh lebih canggih.

(Keenan/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Live Streaming PSM Makassar Vs Persija Exclusive di Vidio

Posted: 20 Oct 2019 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laga sengit bakal tersaji di Shopee Liga 1 2019 hari ini. PSM Makassar akan menantang Persija di Stadion Andi Mattalatta.

Saat ini PSM Makassar berada di posisi kesembilan klasemen Shopee Liga 1 2019. Mereka mengoleksi 30 poin dari 20 laga.

Sementara Persija masih tertahan di posisi ke-16 klasemen. Macan Kemayoran mengoleksi 20 poin dari 20 laga.

Kemenangan dibutuhkan keduanya untuk memperbaiki posisi di klasemen. Terutama bagi Persija yang ingin keluar dari zona degradasi.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan Shopee Liga 1 2019 PSM Makassar Bandung vs Persija Jakarta secara exclusive live streaming di Vidio Premier pukul 18.30 WIB, dengan berlangganan di link berikut ini...

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Prakiraan Susunan Pemain

Shopee Liga 1 - PSM Makassar Vs Persija Jakarta - Head to Head Pemain (Bola.com/Adreanus Titus)

PSM Makassar (4-4-2): Rivky Mokodompit (k); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Raphael Maitimo, Tafik Hidayat (b); M. Arfan, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Rizky Eka (t); Ferdinand Sinaga, Ezra Walian (d)

Pelatih: Darije Kalezic

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (k); Tony Sucipto, Xandao, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa (b); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (t); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (d)

Pelatih: Edson Tavares

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Tangga dengan Delon Kandas, Yeslin Wang Merasa Lebih Dewasa

Posted: 20 Oct 2019 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berpisah dengan Delon, Yeslin Wang mengaku belajar banyak soal kehidupan pernikahan. Menurutnya, membina rumah tangga membutuhkan banyak persiapan.

Yeslin Wang menekankan pentingnya mempertimbangkan berbagai aspek sebelum memutuskan untuk menikah. Hal itu ia sadari setelah menjalani proses perceraian yang dianggapnya melelahkan.

Kendati demikian, perceraian dengan Delon tidak meninggalkan trauma bagi Yeslin Wang. Ia menganggap hal tersebut sebagai proses pendewasaan.

"Enggak trauma (menikah), sih. Cuma mungkin lebih dewasa lagi daripada delapan tahun yang lalu. Ternyata ada hal-hal yang perlu dibicarakan sebelum menikah," ujar Yeslin Wang, di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).

Rincian Pertimbangan

Yeslin Wang

Lebih lanjut, wanita 36 tahun ini menuturkan rincian hal yang menjadi pertimbangan sebelum menikah. Hal tersebut menurutnya penting dilakukan untuk mencegah konflik.

"Misalkan bagaimana kita mau membesarkan anak, caranya sama atau enggak. Kalau enggak, akan berantem terus. Bagaimana kita mempersiapkan keuangan untuk keluarga. Itu perlu diomongin sebelum menikah," sambungnya.

Berpikir Matang-Matang

(Adrian Putra/Fimela.com)

Aktris film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 ini tak menutup kemungkinan akan kembali membuka hati. Namun, Yeslin akan berpikir matang-matang sebelum memutuskan untuk kembali membangun rumah tangga.

"Kalau pasangan, mungkin yang punya hobi sama. Kan kita berharapnya kalau menikah itu seumur hidup, ya. Jadi kalau ada hobi yang sama mungkin lebih happy. Terus juga visi misi yang sama untuk pernikahannya. Itu penting, sih," terang Yeslin.

Kriteria Calon Pendamping Baru

Yeslin Wang kemudian menyebutkan beberapa kriteria untuk calon pendampingnya. Kegemaran merawat anjing peliharaan menjadi hal yang wajib dimiliki sang calon pujaan hati.

"Aku suka travelling, masak, dan aku suka doggy (anjing). Mungkin kalau (orang) yang enggak suka hewan peliharaan, enggak mungkin bisa sama aku," ungkapnya.

Fokus Meniti Karier

Sementara belum menemukan pengganti Delon, Yeslin Wang mengaku fokus meniti karier. Selain itu, kesehatan juga menjadi perhatian utama Yeslin saat ini.

"Kalau sekarang, aku lebih fokus bagaimana caranya menjadi diri yang lebih baik. Melakukan apa yang aku suka. Jadi fokus ke kerjaan sama kesehatan," tutup Yeslin Wang.

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Berangkat ke Lokasi Pelantikan, Ma'ruf Amin Berdoa

Posted: 19 Oct 2019 11:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin berangkat ke lokasi pelantikan di gedung MPR/DPR. Sebelum meninggalkan rumahnya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, dia mengajak pihak pihak yang berada di rumahnya berdoa.

"Dalam rangka nanti menjalankan tugas negara, supaya juga berjalan dengan baik, target-target yang kita inginkan tercapai, dihilangkan hambatan, dimudahkan upaya yang kita lakukan, sebelum berangkat saya ajak berdoa," kata Ma'ruf Amin di kediamannya Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Ma'ruf Amin kemudian memanjatkan doa yang diamini banyak pihak di rumahnya itu. Di belakang Ma'ruf Amin yang memanjatkan doa, terlihat sang istri, Wury Estu Handayani yang juga khusyuk berdoa.

Usai memanjatkan doa sekitar 5 menit, Ma'ruf yang terlihat mengenakan setelah jas warna hitam, peci warna hitam, dan dasi merah kemudian menaiki mobil dengan pelat nomor B 1925 RFS. Dengan dikawal sejumlah paspampres, dia berangkat di lokasi pelantikan pada pukul 13.49 WIB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Dilantik, Ma'ruf Amin Pakai Setelan Jas Hitam dan Dasi Merah ke DPR

Posted: 19 Oct 2019 11:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin bertolak ke Gedung MPR/DPR RI. Di sana, Ma'ruf bersama Jokowi akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024.

Pantauan Liputan6.com, Ma'ruf keluar dari rumahnya di Jl Situbondo, Menteng, Jakpus, Minggu (20/10/2019) pukul 13.47 WIB.

Tidak seperti biasanya, yang mengenakan setelan resmi dengan kain sarungm kali ini, Ma'ruf mengenakan setelan jas warna hitam, plus kopiah warna serupa, dan dasi warna merah.

Sebelum bertolak menuju gedung DPR/MPR, Ma'ruf Amin terlibuh dulu memberi keterangan kepada wartawan dan membaca doa bersama dengan keluarganya yang ikut mengantar.

Pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin digelar MPR pukul 14.30 WIB. Pelantikan akan digelar selama 80 menit. Ma'ruf Amin akan menggantikan Jusuf Kalla di sisi Presiden Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Jepang: Marc Marquez Tak Dapat Perlawanan

Posted: 19 Oct 2019 11:52 PM PDT

Liputan6.com, Motegi - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez mencatatkan kemenangan kesepuluh di MotoGP 2019. Kemenangan itu diraihnya di Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (20/10/2019).

Kemenangan ini kian mempertegas status Marquez sebagai juara dunia MotoGP 2019. Hingga balapan di Jepang, pembalap asal Spanyol itu sudah mengoleksi 350 poin.

Pada MotoGP Jepang, Marquez benar-benar tidak mendapat perlawanan. Tampil di kandang Honda, dia berhasil unggul jauh, 0,870 detik dari Fabio Quartararo, yang harus finis di posisi kedua.

Posisi ketiga menjadi milik rider Ducati, Andrea Doviziso yang berhasil mengatasi tekanan dari pembalap Monster Energy Yamaha, Mavertick Vinales, yang finis di posisi keempat.

Sementara itu nasib sial dialami Valentino Rossi. Rekan setim Vinales itu jatuh di MotoGP Jepang saat balapan menyisakan empat putaran lagi.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Hasil MotoGP Jepang

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

El Clasico Ditunda, Tim-tim La Liga Lain Kecewa

Posted: 19 Oct 2019 11:50 PM PDT

Jakarta Sejumlah klub La Liga Spanyol menyesalkan penundaan partai El Clasico antara Barcelona kontra Real Madrid. Petinggi-petinggi klub menilai keputusan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif.

Real Betis dan Real Valladolid adalah dua dari beberapa tim yang menyuarakan kekecewaannya. Jika saja El Clasico tak diundur, keduanya seharusnya saling bersua Madrid dan Barca di pekan berikutnya.

Dampak dari diubahnya jadwal tersebut, menurut pelatih Betis, Rubi membuat El Real dan Blaugrana memiliki waktu ekstra untuk beristirahat. Padahal, faktor fisik begitu menentukan dalam sebuah pertandingan sepak bola.

"Tentu saja perubahan jadwal tersebut berpengaruh buat kami dan tiga tim lain, yakni Valladolid, Levante dan Leganes. Lawan kami jadi memiliki waktu untuk beristirahat lebih banyak," kata Rubi kepada Marca.

"Saya kecewa, tim lain juga saya yakin kecewa. Saya benar-benar terganggu dengan hal ini (penundaan El Clasico), padahal saya menantikan pertandingan melawan Madrid," tambah Rubi lagi.

 * Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Merasa Tidak Dianggap

Sudut pandang lain coba diutarakan oleh pelatih Valladolid, Sergio Gonzalez. Ia merasa perlakuan otoritas sepak bola Spanyol terlalu menganakemaskan Real Madrid dan Barcelona.

"Saya tahu kalau El Clasico adalah pertandingan besar, pertandingan yang signifikan. Tapi, kami juga tim La Liga," ketus Gonzalez.

Barcelona seharusnya menjamu Valladolid tiga hari pasca El Clasico sebelum bertamu ke markas Levante. Sementara Madrid menjamu Leganes lalu bertandang ke Betis.

Sajauh ini, belum ada kejelasan kapan partai El Clasico jilid satu akan dihelat pasca diundur. Real Madrid dan Barcelona sepakat untuk mengubah jadwal di bulan Desember.

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.com (Penulis Gregah Nuriksani/ Penulis Aditya Wicaksono, Published 20/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Macam-macam Bacaan Sholawat yang Harus Diamalkan, Dilengkapi Dalilnya

Posted: 19 Oct 2019 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bacaan sholawat tentu wajib diketahui oleh umat Islam. Hukum membaca sholawat nabi ini adalah sunnah muakkad. Namun sebagai salah satu rukun sholat, sholawat tentunya wajib dan selalu dibaca pada akhir tasyahud akhir. 

Secara bahasa Sholawat adalah bentuk jamak dari kata Salla yang memiliki arti; doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. Sedangkan Sholawat menurut syar'i atau istilah diartikan sebagai pujian kepada Nabi.

Macam-macam bacaan sholawat tentunya harus dijadikan sebagai amalan harian. Dengan mengucapkan sholawat setiap harinya sesering mungkin, seseorang akan mendapatkan berbagai manfaat dan keutamaan bagi hidupnya di dunia maupun di akhirat kelak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/10/2019) tentang macam-macam bacaan sholawat

Dalil Tentang Membaca Sholawat Nabi

Macam-macam Bacaan Sholawat / Sumber: iStockphoto

Macam-macam bacaan sholawat dianjurkan untuk sering dibaca dan diucapkan setiap hari. Hal ini juga telah terdapat dalam berbagai hadis dan firman Allah SWT.

Seperti yang tercantum dalam surat An-nisa ayat 86 yang artinya:

"Maka lakukanlah penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik atau kembalikanlah penghormatan itu" (QS. An Nisa': 86).

Doa nabi merupakan syafaat, dan semua ulama telah sepakat bahwa doa nabi tidak akan ditolak oleh Allah SWT.

Selain itu, ada pula hadis nabi tentang sholawat yaitu dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan jangan lah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada." (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Macam-macam Bacaan Sholawat

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebelum mempelajari macam-macam bacaan sholawat, kamu perlu tahu terlebih dahulu tentang lafazh bacaan sholawat yang paling ringkas yang sesuai dalil-dalil yang shahih, yaitu : Allahumma shallii wa sallim 'alaa nabiyyinaa Muhammad.

Yang artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad).

Shalawat Fatih

Macam-macam bacaan sholawat yang pertama adalah sholawat fatih. Berikut bacaannya:

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim

Artinya:

Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.

Shalawat Nariyah dan Ma'tsuroh

Macam-macam Bacaan Sholawat/ferita/ Rahayuningsih/Shutterstock.com

Shalawat Nariyah

Macam-macam bacaan sholawat yang selanjutnya adalah sholawat Nariyah. Berikut bacaannya:

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman 'alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihil'uqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi wa'alaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin bi'adadi kulli ma'luumin laka.

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Sholawat Ma'tsuroh

Macam-macam bacaan sholawat berikutnya adalah Sholawat Ma'tsuroh. Berikut bacaannya:

Allaahumma sholli 'alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa aalihi wasallim

ARTINYA :

Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.

Sholawat Mukafaah dan Ibrohimiyah

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sholawat Mukafaah

Macam-macam bacaan sholawat berikutnya adalah Sholawat Mukafaah. Berikut bacaannya:

Allohumma sholli 'ala sayidina muhammadin wa 'ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha 'anna haqqohul 'adzim

ARTINYA :

Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.

Sholawat Ibrohimiyah

Adapun bunyi sholawat ibrohimiyah sebagai salah satu macam-macam bacaan sholawat adalah sebagai berikut:

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita 'alaa sayyidinaa ibraahiima wa'alaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik 'alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta 'alaa sayyidinaa 'alaa sayyidinaa ibraahima wa 'alaa aali sayyidina ibraahima, fil 'aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya:

Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polres Gresik Pakai Water Cannon Berikan Bantuan Air Bersih

Posted: 19 Oct 2019 11:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Prihatin dengan kesulitan air bersih yang melanda sejumlah wilayah di Gresik, Jawa Timur, hampir 7 bulan, aparat polres setempat membagi puluhan ribu liter air bersih kepada warga. Menariknya, droping air bersih kali ini menggunakan water cannon, yang biasa digunakan petugas untuk menghalau demonstran.

Water Cannon milik Polres Gresik Jawa Timur ini, bukan sedang bersiap untuk menghalau para demonstran. Namun, mobil ini membawa hingga 15 ribu liter air, yang akan dibagikan kepada warga di Desa Tumapel, Kecamatan Duduk Sampeyan, Gresik. Spontan, begitu datang ke perkampungan, warga langsung menyerbu water cannon itu.

Bukan hanya ibu-ibu, namun, nenek-nenek juga rela antri dengan jerigennya masing-masing, demi mendapatkan air bersih yang diberikan secara gratis.

Tina, salah satu warga Tumapel, mengaku sedih, karena sudah 7 bulan kesulitan air bersih. Saat ini tidak ada lagi air bersih, karena waduk, maupun embung tadah hujan, airnya mulai menyusut dan kotor tidak layak pakai.

Selama 7 bulan, warga setempat harus membeli air bersih untuk keperluan minum, mencuci dan mandi, yang harus merogoh uang Rp. 600 hingga Rp. 700 ribu per bulannya.

Selain mendistribrusikan air bersih menggunakan water cannon keliling kampung, petugas Polres Gresik, juga mengirim 7 mobil tangki berisi 35 ribu liter air.

Bantuan juga akan diberikan terutama di lokasi terparah dilanda kekeringan dan kesulitan air bersih, seperti Kecamatan Duduk Sampeyan, Cerme, Benjeng dan Balong Panggang. Di Gresik sendiri, 59 desa tersebar di 8 kecamatan hingga 7 bulan ini, mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau panjang. Demikian diberitakan liputan6, 18 Oktober 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem: Kami Siap Sukseskan Pemerintahan Jokowi Periode Kedua

Posted: 19 Oct 2019 11:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera memasuki periode kedua. Nasdem memandang masih ada sejumlah kritik dan catatan, yang harus diperbaiki dan dilanjutkan.

"Tentu, ada sejumlah catatan dan kritik bagi pemerintahan Presiden Jokowi di periode pertama, dan itu penting dalam iklim demokrasi, seperti vitamin. Catatan dan kritik tersebut penting dijawab pada periode kedua ini," kata anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, Charles Meikyansah di Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Namun, masih kata dia, pada periode pertama Presiden Jokowi telah menunjukkan sejumlah keberhasilan pembangunan dan pemerataan pembangunan. Seperti menurunkan angka kemiskinan menjadi satu digit.

"Meningkatkan rasio elektrifikasi dari 81,5 tahun 2014 menjadi 96,6 di tahun 2019, menjaga laju inflasi dari 8,4 di tahun 2014 menjadi 3,4-5 selama periode pemerintahan, dan sebagainya. Keberhasilan tersebut penting dan harus dilanjutkan," ungkap Charles.

Karena itu, partai pimpinan Surya Paloh itu siap menjadi koalisi pemerintah yang sinergis dan mendukung program Jokowi yang akan bersama Ma'ruf Amin ke depan.

"Oleh karena itu, Nasdem siap menjadi partner dalam koalisi pemerintahan yang konstruktif dan sinergis untuk mendukung dan menyukseskan program prioritas pemerintah pada periode kedua," pungkasnya.

Dukung Jokowi

Pasangan Presiden dan Wapres terpilih, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago menegaskan, partainya mendukung Joko Widodo-Maruf Amin memenangkan kontestasi Pemilu tanpa syarat dan mahar. Maka dari itu, dia mengklaim tak mempersoalkan jika tak ada kadernya yang masuk dalam Kabinet Indonesia Kerja jilid II.

"Nasdem itu sejak awal punya komitmen tegas mendukung Pak Jokowi itu tanpa mahar, tanpa syarat. Artinya tidak ada keberatan Nasdem sedikit pun. Seandainya Pak Jokowi tidak memberikan kursi itu sedikit pun kepada Nasdem, kami tidak masalah," ujar dia di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

Menurut Irma, pernyataan tersebut bukan berasal dari pribadi dirinya, melainkan pernyataan Partai Nasdem. Dia mengatakan, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh sempat menyatakan tak masalah jika Nasdem tak mendapat jatah kursi menteri.

"Itu secara tegas kok disampaikan oleh Pak Surya Paloh," kata dia.

Menurutnya, selama lima tahun ke depan kepemimpinan Jokowi-Maruf, yang terpenting bagi Nasdem adalah mendukung kinerja Koalisi Indonesia Kerja dalam membangun bangsa Indonesia.

"Untuk itu, yang memang kami butuhkan mengawal Pak Jokowi menyelesaikan tugasnya selama lima tahun dengan program-program yang sudah kita sepakati, lima program komprehensif," kata dia.

Menurutnya, jika lima program komprehensif pemerintahan Jokowi-Maruf berjalan dengan baik, maka Indonesia akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Karena kalau lima program komprehensif itu terlaksana maka Nasdem yakin sekali Indonesia lebih baik dari negara-negara yang lain," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tira Persikabo Takluk, Rahmad Darmawan Puji Bruno Matos

Posted: 19 Oct 2019 11:35 PM PDT

Jakarta- Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, berbesar hati mengakui tim asuhannya kalah dalam segala hal ketika melawan Bhayangkara FC pada laga pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019, Sabtu (19/10/2019). Rahmad Darmawan secara khusus memuji gelandang serang Bruno Matos yang jadi pembeda dalam laga itu.

Bhayangkara FC meraih kemenangan 2-0 atas Tira Persikabo pada laga yang digelar di Stadion PTIK. Gol kemenangan The Guardians dipersembahkan oleh Bruno Matos yang membobol gawang Laskar Padjadjaran sebanyak dua kali.

"Hari ini Bruno Matos menjadi pemain pembeda. Namun, ini tanpa mengecilkan pemain Bhayangkara FC yang lain," kata Rahmad Darmawan.

Penyataan Rahmad Darmawan memang sesuai dengan kenyataan. Selain mencetak dua gol, Bruno Matos juga kerap merepotkan lini belakang Tira Persikabo melalui tusukan-tusukan yang mematikan.

Selain itu, pelatih yang akrab disapa RD itu juga menyebut Bhayangkara FC layak meraih kemenangan dalam laga tersebut. Menurut dia, skuat asuhan Paul Munster itu memainkan permainan yang membuat timnya sukar membangun serangan.

"Bhayangkara FC juga bermain lebih disiplin dan memainkan taktik serta serangan balik yang efektif," ujar RD.

Kekalahan ini membuat Tira Persikabo tercatat belum mampu meraih kemenangan dalam delapan laga terakhir di Shopee Liga 1 2019. Akibatnya, Osas Saha dkk, harus turun ke peringkat empat klasemen dengan 36 poin.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Bukan Masalah Venue

Gelandang Tira Persikabo, Ciro Alves, berebut bola dengan gelandang Bhayangkara FC, Sani Rizki, pada laga Shopee Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (19/10). Bhayangkara menang 2-0 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Rahmad Darmawan tidak mau mencari alasan pemilihan venue pertandingan sebagai penyebab kekalahan timnya. Seperti diketahui, Tira Persikabo seharusnya bermain di Stadion Pakansari, namun karena tak mendapatkan izin dari Kepolisian sehingga terusir ke Stadion PTIK.

"Saya tidak mau mencari alasan soal itu karena bukan kewenangan saya. Kemarin ada opsi-opsi lain, ternyata ada yang tidak sedia tempatnya. Sekarang, tugas saya lebih fokus kepada tim," kata RD.

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap/ Editor Aning Jati, Published 20/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semringah Jelang Jokowi Dilantik, Iriana: Lancar-Lancar Ya

Posted: 19 Oct 2019 11:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Senyum semringah terus terpancar dari wajah Ibu Negara Iriana, menjelang pelantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Iriana tampak mendampingi Jokowi saat menerima lima kepala negara sahabat, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Kepala negara sahabat itu menemui Jokowi untuk mengucapkan selamat atas dilantiknya kembali sebagai presiden. Iriana pun terus menerus tersenyum saat menyambut istri para kepala negara.

Adapun kepala negara yang menemui Jokowi antara lain, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteti Australia Scott Morisson, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Raja Mswati III. Mereka bertemu Jokowi satu per satu dengan waktu hanya sekitar 20 menit.

Usai menerima tamu negara, Jokowi dan Iriana menyempatkan diri untuk melakukan sesi foto bersama di hadapan awak media. Keduanya tampil serasi.

Jokowi mengenakan setelan jas berwarna biru dongker, sementara Iriana mengenakan kebaya berwarna krem. Keduanya lalu berjalan menuju ruang utama Istana Merdeka.

Namun, tiba-tiba Iriana berbalik menyalami Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi dan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andri Hadi. Jokowi pun sempat melontarkan canda ke wartawan.

"Salaman enggak (dengan Ibu Iriana)?" kata Jokowi sambil tersenyum.

Sebelum masuk ke lorong ruang utama, Iriana berbalik ke arah wartawan dan mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih, lancar-lancar ya," ucap Iriana.

Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR Jakarta pada hari ini. Acara pelantikan dimulai pukul 14.30 WIB.

Acara Pelantikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo foto bersama dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan istrinya Jenny di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2019). (AP Photo/Dita Alangkara)

Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah dalam keterangan tertulisnya, Minggu merinci jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden.

Pukul 13.30 WIB, Pimpinan MPR hadir dan menunggu di Ruang Tunggu Utama Lantai Dasar, kemudian sekitar pukul 13.40 WIB hingga 14.10 WIB, kehadiran tamu kehormatan negara sahabat dan tamu undangan VVIP.

Kemudian kehadiran Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, sekitar pukul 14.10 WIB.

Sekitar pukul 14.28 WIB, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ma'ruf Amin bersama Pimpinan MPR memasuki ruang sidang paripurna.

"Pukul 14.30 WIB, Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019 – 2024 dimulai," ujarnya.

Acara selanjutnya, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua MPR. Kemudian, pembacaan keputusan KPU, lalu prosesi pengucapan sumpah presiden dan pengucapan sumpah wakil presiden.

Setelah pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan. Pimpinan MPR menyerahkan Berita Acara Pelantikan. Kemudian, pertukaran tempat duduk Wakil Presiden dari Jusuf Kalla ke Ma'ruf Amin.

Selesai pengucapan sumpah dan pertukaran tempat duduk, sidang paripurna kembali dilanjutkan. Pimpinan MPR mempersilakan Presiden Joko Widodo membacakan pidato perdana sebagai Presiden masa jabatan 2019 – 2024.

Kemudian pembacaan doa, setelah pembacaan doa, Ketua MPR menutup sidang paripurna. Sidang Paripurna MPR diakhiri dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya foto bersama Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Pimpinan MPR. Serta pemberian ucapan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih dari tamu undangan dan tamu kehormatan negara sahabat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Minta Jokowi Perbaiki Masalah Sosial di Periode Kedua

Posted: 19 Oct 2019 11:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghadiri acara pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Minggu (20/10/2019). Pria yang akrab disapa Emil ini berharap semua masyarakat bisa mendukung pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau pemimpin udah dilantik, dan terpilih, mau dicoblos atau tidak, maka kita dukung. Karena beliau adalah nahkoda hidup kita lima tahun," kata Emil.

Meski mendukung pelantikan Jokowi, Emil merasa perlu ada yang diperbaiki dari kepemimpinan Jokowi di periode 2014-2019. Salah satunya banyak gejolak masyarakat terkait sosial politik.

"Tapi ada catatan saya sosial politik banyak gejolak di periode pertama, mungkin bisa disempurnakan dan diperbaiki dengan cara-cara baru," ungkapnya.

Eks Wali Kota Bandung itu yakin Indonesia akan semakin baik kedepannya. Termasuk dalam bidang ekonomi dan sosial politik.

"Sekarang rangking 13 di G20, ekonominya di 2030 rangking 7-8, katanya di 2045 jadi negara adidaya, itu terjadi kalau sosial politik kondusif dan pergantian kepemimpinan lancar. Dan hari ini menyimbolkan itu," ujarnya.

"Atas nama pemerintah provinsi, saya ucapkan selamat, dan kami akan bantu di daerah," ucapnya.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Geladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (18/10/2019). Menurut Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, persiapan acara pelantikan sudah hampir maksimal. (Liputan6.com/JohanTallo)

MPR sebelumnya menyepakati jalan tengah penyelenggaraan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Minggu, 20 Oktober 2019. MPR sepakat untuk mengusulkan pelantikan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

"Akhirnya kita sepakat untuk mengusulkan nanti baik kepada kesekjenan, maupun protokol istana, baik juga kepada presiden untuk dilakukan pukul 14.00," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo usai rapat pimpinan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 9 Oktober 2019.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih awalnya direncanakan digelar pada pukul 10.00 WIB. Namun, karena alasan pelantikan dilakukan pada hari Minggu, diusulkan dilakukan pada sore pukul 16.00 WIB. Sebab, ada masyarakat yang ibadah pagi dan berbenturan dengan car free day (CFD).

"Tapi ada juga wacana tadi kita diskusikan, kalau jam 16.00 WIB terlalu mepet dengan Maghrib," kata Bamsoet.

Namun, akhirnya diambil jalan tengah diusulkan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden digelar pada pukul 14.00 WIB. Alasannya, car free day berakhir, ibadah pagi selesai, dan tidak mepet waktu salat.

"Kenapa, karena car free day berakhir jam 11, kemudian ibadah juga bisa selesai jam 12.00-an jam 1, kita juga yang muslim selesai salat zuhur, dan selesai upacara kita juga masih bisa salat ashar," kata Bamsoet.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trump Batalkan Rencana Penyelenggaraan KTT G7 di Resor Mewahnya

Posted: 19 Oct 2019 11:32 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Donald Trump telah membatalkan rencana untuk menjadi tuan rumah KTT G7 2020 di salah satu resor mewahnya di Florida setelah kritik bipartisan beberapa waktu lalu. 

Dalam serangkaian tulisan di akun Twitternya, Trump mengatakan ia membalikkan gagasan itu karena "permusuhan yang gila dan tidak rasional" oleh Demokrat dan media.

Dilansir dari BBC, Minggu (20/10/2019), para kritikus mengatakan rencana itu adalah bukti Trump menggunakan kantor itu untuk keuntungan pribadi, yang ditolak Gedung Putih.

Trump mengatakan Camp David dapat menjadi tuan rumah pengganti KTT G7.

Keputusan untuk menggunakan Trump National Doral Miami, yang diumumkan pada hari Kamis, dikritik oleh anggota parlemen Kongres, termasuk beberapa sekutu presiden dari Partai Republik.

Dalam salah satu tweetnya, Trump mengatakan resornya "besar, megah" dengan "ruang dansa yang luar biasa [dan] ruang pertemuan".

"Saya pikir saya melakukan sesuatu yang sangat baik untuk negara kami dengan menggunakan Trump National Doral," katanya. "Tapi, seperti biasa, media yang bermusuhan [dan] mitra demokrat, mereka menjadi GILA!"

Dalam mengumumkan keputusan itu, penjabat kepala staf Gedung Putih Mick Mulvaney mengatakan acara itu akan diadakan "dengan biaya" dan menggunakan resor itu, yang digambarkan oleh Trump sebagai "tempat terbaik", akan menghemat jutaan dolar.

Namun banyak yang mengatakan resor ini juga akan mendapat manfaat dari publisitas dalam jumlah besar.

Mr Mulvaney juga membantah bahwa dengan menjadi tuan rumah KTT akan melanggar Klausul Emulasi dari konstitusi AS, yang melarang "keuntungan, keuntungan, atau keuntungan" dari pemerintah asing tanpa persetujuan kongres.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Trump National Doral

Trump National Doral, resor mewah milik Donald Trump di Miami, yang diajukan sebagai lokasi KTT G7 2020 (AFP/Michele Eve Sandberg)

Resor seluas 800 acre ini menawarkan lima lapangan golf, 700 kamar hotel, spa, ruang konferensi, dan pertokoan. Terletak sekitar delapan mil (13 km) dari bandara Miami, properti itu diakuisisi oleh Trump karena bangkrut pada tahun 2012. Menurut situs webnya, Doral memiliki beberapa ruang dansa, termasuk yang diberi nama sesuai dengan putri presiden, Ivanka Trump. Namun, The Miami Herald melaporkan pada bulan Mei bahwa Doral telah "berkinerja sangat buruk."

Tetapi Citizens for Responsibility and Ethics di Washington, sebuah badan pengawas, mengatakan kepada kantor berita AP saat itu: "Presiden sekarang secara resmi menggunakan kekuatan kantornya untuk membantu menopang bisnis golfnya yang sedang berjuang."

Dewan Perwakilan Rakyat diperkirakan akan berdisukusi minggu depan terkait hal tersebut. Demokrat juga berencana untuk meminta Gedung Putih untuk memberikan informasi mengapa pemerintah memutuskan memilih Doral.

G7 Summit yang melibatkan beberapa negara termasuk Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan AS dan UE, berlangsung antara 10 dan 12 Juni tahun depan.

KTT itu diadakan di retret presiden Camp David di Maryland, sekitar 60 mil dari Washington, pada 2012, ketika diselenggarakan oleh Presiden Barack Obama saat itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Forkopimda Sidoarjo Gelar Doa Bersama untuk Indonesia Damai

Posted: 19 Oct 2019 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur bermunajat untuk Indonesia damai, terutama sambut pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2019.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur Kombes Pol, Zain Dwi Nugroho mengatakan, doa bersama ini dilakukan guna menjaga keamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

"Kegiatan ini bertujuan sebagai ungkapan syukur atas kondusivitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang sampai saat ini aman dan damai," kata dia dilansir Antara, ditulis Minggu (20/10/2019).

Ia mengatakan, peserta yang hadir juga diajak bermunajat memohon doa kepada Allah SWT supaya keamanan dan kedamaian di Indonesia ini terus dilindungi Allah.

"Kami mengucap syukur atas telah dilaluinya segala tahapan Pemilu 2019 sesuai konstitusi, juga situasi kamtibmas khususnya di Kabupaten Sidoarjo yang aman dan kondusif," ujarnya.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Ajak Masyarakat Jaga Keamanan

Ia mengajak masyarakat Sidoarjo untuk terus bersama-sama menjaga kondusivitas dan kedamaian ini, termasuk agenda pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024 pada Minggu, 20 Oktober 2019.

"Mari terus jaga persatuan dan kerukunan dari Sidoarjo untuk Indonesia damai. Karenanya, melalui doa bersama ini, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua serta merahmati Indonesia dengan penuh kedamaian," kata Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Ia juga mengimbau masyarakat agar momen pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024 yang bersamaan dengan pawai memperingati Hari Santri Nasional 2019, diikuti dengan tertib dan damai.

"Kami juga mengajak masyarakat Sidoarjo mengetuk pintu langit guna menjaga kondusivitas kamtibmas pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI," kata dia.

Pesan senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin yang menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras TNI-Polri dan masyarakat di Sidoarjo dalam menjaga keamanan dan kedamaian.

"Sudah jangan ada lagi perbedaan, semua harus bersatu dan mari sambut pelantikan Presiden-Wakil Presiden besok serta peringatan Hari Santri Nasional dengan tertib," kata Wabup Sidoarjo.

Tampak hadir dalam doa bersama di Mapolresta Sidoarjo, antara lain Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, wakil bupati  Kapolresta, pimpinan jajaran TNI, Ketua MUI, Ketua FKUB,  Ketua PCNU,  pengurus PD Muhammadiyah, perwakilan parpol, tokoh masyarakat, BEM se-Sidoarjo, dan beberapa undangan lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Manchester City Ogah Tonton MU Vs Liverpool

Posted: 19 Oct 2019 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Manchester City, Pep Guardiola memberikan komentar menarik jelang duel MU Vs Liverpool nanti malam. Ia mengaku malas menonton big match Liga Inggris di Old Trafford tersebut.

Manchester City meraih kemenangan penting tadi malam melawan Crystal Palace. Dua gol dicetak oleh Gabriel Jesus dan David Silva.

Tiga angka dibutuhkan Manchester City untuk menjaga peluang juara. Apalagi jika Liverpool kalah melawan MU nanti malam.

Saat ini Manchester City berada di posisi kedua Liga Inggris. Mereka mengoleksi 19 poin dari sembilan laga.

Sementara Liverpool berada di puncak klasemen unggul lima poin atas Manchester City.

 

 

Komentar Guardiola

Ekspresi pelatih Manchester City Pep Guardiola saat menyaksikan Manchester City menghadapi Dinamo Zagreb pada laga Liga Champions di Stadion City of Manchester, Inggris, Selasa (1/10/2019). Pep dihadiahi kartu kuning atas protesnya terhadap wasit. (AP Photo/Dave Thompson)

"Saya tidak akan menonton MU Vs Liverpool. Saya harus menonton laga Atalanta," kata Guardiola seperti dilansir Manchester Evening News.

"Memang Atalanta sudah bermain tadi malam. Tetapi saya akan menonton cuplikannya."

Seperti diketahui Manchester City akan menantang Atalanta tengah pekan depan di ajang Liga Champions.

Jadwal

Minggu 20 Oktober 2019

Pukul: 22.30 WIB

Manchester United vs Liverpool

Venue: Old Trafford

Live di TVRI / Mola TV

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susi Pudjiastuti di Akhir Masa Jabatan, Bertingkah Lucu hingga Bergaun Pink

Posted: 19 Oct 2019 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para menteri Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) periode 2014-2019 terlihat berkumpul di akhir masa jabatan setelah lima tahun mengabdi. Satu di antaranya tampak Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Melalui unggahan di akun Instagram pribadi, Susi Pudjiastuti membagikan momen hangatnya kebersamaan itu. Tak ada ekspresi serius tetapi justru keseruan hingga tingkah lucu pengusaha penerbangan Susi Air tersebut.

Sembari mengenakan kacamata hitam, Susi pun berpose sejenak dengan mengangkat satu kaki yang kemudian sigap diabadikan dalam jepretan foto. Gayanya yang jenaka mengundang tawa riuh dan tepuk tangan dari para menteri.

"Kabinet Kerja: bercanda, meledek satu sama lain ... bekerja .. akhirnya tak terasa selesai sudah 5 tahun masakerja ... ratusan wa masuk clip video ini yg saya terima," tulis Susi dalam kolom keterangan unggahan pada 19 Oktober 2019.

Setelah itu, tampak Susi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani saling berpelukan dan memberi kecup hangat. Kemudian Susi berfoto bersama Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Tampil dalam Balutan Gaun Pink

Susi Pudjiastuti beringkah lucu di momen akhir masa jabatan Kabinet Kerja periode 2014-2019. (Screenshot Instagram @susipudjiastuti115/https://www.instagram.com/p/B3x7ewentot/Putu Elmira)

Penampilan Susi Pudjiastuti selalu berhasil mencuri perhatian. Tidak terkecuali ketika momen akhir masa jabatan Kabinet Kerja periode 2014-2019. Tak seperti menteri lainnya, Susi tampil dalam balutan gaun dalam warna cerah.

Gaun dengan lengan sesiku dan panjang selutut tersebut hadir dengan nuansa warna shoking pink polos. Tampilan Susi juga dilengkapi dengan scarf penuh warna dan beragam motif membalut pundaknya.

Rambut perempuan berusia 54 tahun ini ditata dengan gaya diikat rapi. Tampak pula pemakaian aksesori seperti giwang hingga kacamata. Susi juga membawa waist bag hitam.

Susi Pudjiastuti juga tampak tampil feminin dengan menyertakan pemakaian sepatu hak tinggi. Tak ketinggalan, lipstik merah gelap juga dipulas di bibir Susi. Ia dan para menteri perempuan lainnya lantas berfoto dengan jari membentuk simbol cinta ala Korea.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maleficent: Mistress of Evil Tayang di Bioskop, Ini 5 Fakta Menariknya  

Posted: 19 Oct 2019 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film Maleficent Mistress of Evil tayang di jaringan bioskop Indonesia mulai Rabu (16/10/2019), dan akan bersaing dengan Perempuan Tanah Jahanam yang tayang sehari setelahnya.

Menempatkan Angelina Jolie sebagai pemain utama, Maleficent Mistress of Evil mengantar Putri Aurora dari negeri Moors ke babak baru dalam hidup.

Ia menerima pinangan Pangeran Phillip (Harris Dickinson) dari Kerajaan Ulstead.Maleficent tak setuju gadis yang dibesarkannya jadi ratu di negeri orang.

Untuk Anda, inilah lima fakta Maleficent Mistress of Evil yang kami rangkum dari berbagai sumber:

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

1. Perayaan 60 Tahun

Maleficent: Mistress of Evil (Walt Disney Motion Pictures)

Mistress of Evil sebenarnya telah dipakai sebagai sub-judul film Maleficent (2014) di beberapa negara dengan bahasa masing-masing. Maleficent Mistress of Evil dirilis bertepatan dengan perayaan 60 tahun film Sleeping Beauty yang asli.

Versi klasik Sleeping Beauty digarap sineas Clyde Geronimi. Maleficent diperankan aktris Eleanor Audley, Princess Aurora dimainkan Mary Costa. Diproduksi dengan bujet 6 juta dolar AS, film ini mencetak box office lantaran di Amerika Serikat saja mengeruk pendapatan kotor 51 juta dolar AS. Angka fantastis untuk era itu.

2. Jadwal Rilis Maju

Maleficent: Mistress of Evil (Walt Disney Motion Pictures)

Film Maleficent Mistress of Evil semula dijadwalkan rilis Mei 2020. Walt Disney memajukan tanggal rilis menjadi Oktober 2019. Revisi ini membuat Disney punya 10 film untuk tayang sepanjang 2019.

Sineas Joachim Tonning menyatakan, "Saya pikir Disney melihat kesempatan untuk memajukan jadwal rilis. Mereka melihat editan sutradara, puas dengan hasil akhirnya. Jadi tak perlu menunggu tujuh bulan lagi untuk menayangkan sekuel ini. Seru juga merilis Maleficent menjelang Helloween. Maleficent Mistress of Evil lebih menegangkan, kami dapat kesempatan rilis lebih awal. Saya senang karenanya," beber Joachim Tonning saat diwawancara DigitalSpy, bulan ini.

3. Pergantian Pemain dan Kru

Aktor Brenton Thwaites tidak melanjutkan perannya sebagai Pangeran Phillip. Posisi Brenton digantikan Harris Dickinson karena bentrok dengan jadwal syuting Titans.

Pergantian pemain juga terjadi di departemen ilustrasi musik. Tata musik Maleficent Mistress of Evil dikerjakan oleh Geoff Zanelli. Ia menggantikan James Newton Howard yang dulu memoles musik Maleficent (2014). Maleficent Mistress of Evil menjadi film live-action keempat Disney yang dirilis tahun ini. Sebelumnya ada Aladdin, The Lion King, dan Dumbo yang rilis Maret lalu.

 

4. Kolaborasi Kedua

Film Maleficent Mistress of Evil menandai kolaborasi kedua Angelina Jolie dan aktor Chiwetel Ejiofor. Sebelumnya mereka bertemu di film Salt (2010).

Kolaborasi pertama ini sukses. Dibiayai 110 juta dolar AS (1,5 triliun rupiah), Salt memanen pendapatan kotor 293,5 juta dolar AS atau 4,1 triliun rupiah. Angelina Jolie dan Chiwetel Ejiofor adalah aktor kaliber Oscar. Chiwetel meraih nomine Oscar lewat film 12 Years A Slave dan Angelina Jolie menang Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di film Girl, Interupted.

5. Berburu Pemain Pendukung

 

Reputasi Maleficent (2014) yang meraih pendapatan kotor 758 juta dolar AS (10,6 triliun rupiah) tak serta merta memudahkan sekuelnya mendapat pemain. Sekuel Maleficent Mistress of Evil resmi diumumkan Juni 2015. Angelina Jolie resmi kembali di film ini. 

Namun beberapa pemain pendukung baru didapat tiga tahun kemudian.

Pengganti Brenton Thewaites

Ed Skrein misalnya, resmi bergabung April 2018. Michele Pfeiffer teken kontrak di bulan yang sama. Mei 2018, barulah Disney mendapat Harris Dickinson sebagai pengganti Brenton Thewaites.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkah Pedagang Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Posted: 19 Oct 2019 11:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden 2019-2024. Keduanya dilantik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Para pedagang pun ikut meramaikan momen ini. Mereka menggelar lapak di dekat personel TNI-Polri yang sedang melakukan pengamanan pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Seperti di bawah kolong flyover Ladokgi.

Pedagang kaki lima, memarkirkan gerobak dan sepeda di trotoar. Berbagai jenis jajanan tersedia mulai dari minuman ringan, hingga tikar.

Fandy (32) salah satunya. Dia menjual minuman ringan seperti kopi, teh, susu, dan sebagainya. Ia datang sejak pukul 08.00 WIB. Fandy biasanya menjajakan dagangan di Jalan Senopati, Jakarta Selatan.

Kali ini, ia mencoba peruntungan dagang di kolong Flyover Lakdogi.

"Dapat info bahwa akan ada pelantikan. Makanya saya ke mari," kata dia saat ditemui, Minggu (20/10/2019).

Fandy merasa senang sekali. Hingga pukul 11.00 WIB puluhan gelas ludes. Yang memborong anggota TNI-Polri yang berjaga-jaga di sekitar lokasi pelantikan Jokowi -Ma'ruf Amin. Fandy menjual satu gelas kopi seharga Rp 5 ribu.

Saat ditanya tentang pendapatannya hari ini, dia hanya tersenyum. Ia enggan mengungkapkan pasti nominalnya. "Alhamdulilah, hari ini lumayan laku," kata dia.

 

Mi Ayam Laris Manis

Seorang pedagang tengah menjajakan dagangannya di sekitar gedung MPR. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sama halnya dengan Sukidi. Dia adalah pedagang mie ayam. Gerobaknya terparkir dekat dagangan Fandy.

Sukidi kerap kali berdagang di sekitaran Gerbang Pemuda dan kolong flyover Ladokgi. Hari ini ia bahagia, baru pukul 11.00 WIB sudah 10 porsi terjual.

"Biasanya harus tunggu sampai sore baru bisa dapat 10 mangkok," kata dia.

Sukidi menyiapkan 50 porsi untuk hari ini. Ia berharap seluruhnya bisa terjual sebelum matahari terbenam.

"Mudah-mudahan habis cepat. Jadi bisa pulang lebih awal," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deru Helikopter di Langit Jakarta Kawal Pelantikan Jokowi

Posted: 19 Oct 2019 11:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deru suara helikopter terus terdengar di langit Jakarta, khususnya di sekitaran Gedung DPR MPR, Jakarta Selatan. Seakan menjadi pertanda masuknya momen akbar pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin yang jatuh tepat hari ini, Minggu (20/10/2019).

Pantauan Liputan6.com dari Gedung Graha Jalapuspita TNI AL, Jakarta Selatan, kibasan baling-baling si capung besi menguat setiap sekitar 15 menit sekali. Helikopter terus berkeliling melintas di areal Gedung DPR MPR dan sekitarnya sejak pukul 07.00 WIB yang menjadi lokasi pelantikan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, pihaknya memang menyiapkan sejumlah peralatan pengawas udara. Termasuk juga pesawat tanpa awak.

"Kalau Boeing itu dua secara berganti, kalau pesawat tanpa awak itu ada dua. Karena masing-masing pesawat bisa terbang 8 sampai 9 jam" tutur Hadi di Gedung Graha Jalapuspita TNI AL, Jakarta Selatan.

Helikopter yang dikerahkan pun ibarat mata dan tangan aparat di lapangan. Setiap ada kondisi yang terbilang mencurigakan, petugas akan memerintahkan helikopter untuk menyambangi lokasi dan menandai titik koordinatnya.

"Diyakinkan oleh heli. Pesawat tanpa awak kita terbangkan, ada infra red, sehingga kalau ada sniper di atas gedung yang bukan kita tempatkan, kita curigai di sana. Walau pun itu bukan sniper tapi ada metal ada orangnya, itu kita curigai," kata Hadi.

Hadi tidak merinci jumlah helikopter yang diterbangkan. Yang jelas, kendaraan itu akan terus mondar mandir sampai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Ma'ruf kelar dilaksanakan.

"Itu selalu berkala dan real time melaporkan kepada saya. Pesawat satu hari ini tidak pernah kosong, sehingga secara visum saya lihat apa yang terjadi," Hadi menandaskan.

Keamanan Terjaga

Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian. (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama dengan Kapolri Jendral Tito Karnavian melakukan peninjauan ke sejumlah objek vital di Jakarta. 

Hadi menyampaikan, kondisi Ibu Kota kondusif. "Saya nyatakan semua berjalan lancar dan keamanan terjaga," tutur Hadi di Gedung Graha Jala Puspita TNI AL, Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2019).

Menurut Hadi, dia telah memantau sejumlah titik. Khususnya di Gedung DPR/MPR, Jakarta Selatan dan daerah Pejompongan, Jakarta Pusat. 

"SOP semua saya cek, semua (personel TNI Polri) bisa menjawab. Apabila terjadi penonjolan di tempat-tempat lain, mereka siaga monitor. Semua sudah siap. Termasuk koordinasi TNI-Polri dan stakeholder lainnya," jelas dia.

Pantauan langit Jakarta pun tidak diabaikan. Hadi mengatakan, TNI AU mengerahkan sejumlah helikopter dan pesawat boeing untuk bolak-balik meninjau demi laporan terkini.

"Semua dilaporkan ke posko utama di Merdeka Barat. Dengan demikian pemantauan bisa diterima informasinya semua secara langsung dan dari posko dapat mengeluarkan tindakan yang tepat," Hadi menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di Lokasi Pelantikan, Ma'ruf Amin Disambut Pimpinan MPR

Posted: 19 Oct 2019 11:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin tiba di Gedung DPR/MPR untuk menjalani prosesi pelantikan sebagai wakil presiden, Minggu (20/10/2019). 

Ma'ruf tiba sekitar 14.10 WIB dengan Mercy B 1925 RFS. Dia terlihat dari kejauhan mengenakan kemeja putih, jas hitam dan celana panjang hitam. Tak luput kopiah hitam.

Dengan didampingi sang istri, Ma'ruf disambut pimpinan MPR dan langsung memasuki ruangan. Dia sempat  menyalami sejumlah tamu undangan yang telah tiba. 

Jokowi dan Ma'ruf Amin dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden hari ini. Keduanya menjadi pemenang Pilpres 2019 dengan mengantongi perolehan suara 55,50 persen dari 154.257.601 jumlah suara nasional.

"Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Pasangan nomor urut dua, 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional," ujar Komisioner KPU, Evi Novita Ginting, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019 dini hari.

Sementara, pelantikan hari ini dihadiri oleh sejumlah kepala negara sahabat dan utusan. Mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono juga hadir.

Tak hanya itu, lawan Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pun hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hari ini.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Pelantikan Presiden, Prabowo - Sandiaga Tiba di Gedung DPR

Posted: 19 Oct 2019 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto bersama Sandiaga Uno tiba di Gedung Nusantara III. Keduanya datang bersama-sama bermobil putih plat B 108 PSD. Sejumlah petinggi Partai Gerindra menyambut di lobi.

Menurut Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Umum Partai Gerindra itu berangkat dari rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2019).

"Dari Kertanegara," ungkap Sufmi.

Pantauan di lokasi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo dan Sandiaga hadir sekitar 12.50 WIB.

Mereka datang disambut oleh jajaran Wakil Ketua Umum Partai Gerindra diantaranya Sufmi Dasco Ahmad, Sugiono, Edhy Prabowo.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

Prabowo dan Sandi sama-sama tidak banyak bicara pada awak media. Dia langsung masuk ke lift nusantara III.

Diketahui, Jokowi-Ma'ruf akan dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Pelantikan rencananya akan dilakukan pada pukul 14.30 WIB.

Reporter: Sania Mashabi/merdeka.com

Pantauan di lokasi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo dan Sandiaga hadir sekitar 12.50 WIB.

Prabowo Subianto bersama Sandiaga Uno tiba di Gedung Nusantara III. Keduanya datang bersama-sama bermobil putih plat B 108 PSD. S

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Utama Sirip Hiu di Atap Mobil Bukan Sekadar Pemanis Tampilan

Posted: 19 Oct 2019 11:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak mobil yang beredar saat ini memiliki sirip hiu di atap mobil. Komponen ini sebenarnya tidak hanya menjadi pemanis dan membuat mobil menjadi lebih ganteng semata. Komponen itu sejatinya adalah shark fin antenna.

Melansir pressroomtoyotaastra.com, dengan berkembangnya teknologi di industri otomotif, kebutuhan akan kualitas suara, gambar, serta ketepatan posisi Global Positioning System (GPS) pada head unit semakin meningkat.

bacajuga:Baca Juga](2324307 3919765 0)

Dengan begitu, dibutuhkan penangkapan sinyal yang berkualitas, seperti yang bisa dilakukan shark fin antenna atau antena sirip hiu.

Memiliki bentuk yang memang menyerupai salah satu bagian dari binatang laut ini, shark fin antenna merupakan salah satu refleksi fitur perkembangan teknologi yang menjadi semakin menarik serta fungsional.

Shark fin antenna dilengkapi dengan modul dasar berukuran 16mm, yang dirancang sesuai dengan tingkat kelengkungan atap kendaraan. Secara global, Toyota menghadirkan shark fin pada 2012 pada Toyota Auris.

Modul pada shark fin dihubungkan dengan head unit melalui kabel konektor, guna menayalurkan gelombang Satellite Digital Audio Radio Service (SDARS), GPS, Advance Mobile Phone Services (AMPS), dan Personal Communication Service (PCS).

Tingkatkan Estetika

Tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan kesenangan berkendara, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, shark fin antenna juga dapat meningkatkan nilai estetika pada bagian eksterior kendaraan.

Melalui desain aerodinamis, shark fin antenna meningkatkan kesan sporty pada kendaraan sedan seperti yang terdapat pada Toyota Corolla Altis dan Vios.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Koleksi Mobil Mewah Raffi Ahmad, Lamborghini Dikabarkan Terbakar di Sentul

Posted: 19 Oct 2019 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selebriti terkenal, Raffi Ahmad baru-baru ini membuat geger masyarakat. Dikenal sebagai publik figur yang sukses dan memiliki banyak koleksi kendaraan mewah, salah satu mobil mewah milik suami Nagita Slavina ini terbakar. kejadian ini terjadi pada Sabtu (19/10/2019) sore kemarin.  

Mobil mewah selebriti Raffi Ahmad yang terbakar adalah mobil jenis Lamborghini Aventador. Terbakarnya kendaraan mewah itu terjadi di kawasan Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat. Kabar tersebut diperoleh langsung dari Irwansyah yang merupakan sahabatnya. 

Dari pernyataan Irwansyah, Raffi Ahmad mengatakan mobil tersebut tidak dalam keadaan bermasalah saat dikendarai. Hanya saja, mobil yang sempat dimodifikasi Raffi Ahmad dengan gaya mobil ala Batman tersebut tiba-tiba mengeluarkan percikan api.

Beredar isu bahwa kebakaran mobil seharga milyaran rupiah tersebut karena Raffi Ahmad mengendarai dengan kcepatan tinggi alias kebut-kebutan. Namun Irwansyah mengatakan bahwa Raffi mengendarai seperti biasa saja. 

"Dia bilang enggak tahu kenapa. Enggak dibawa kebut-kebutan juga," jelas Irwansyah. 

Terlepas dari kejadian kebakaran yang menghanguskan mobil jenis Lamborghini Aventador tersebut, Raffi Ahmad memang dikenal suka mengoleksi kendaraan mewah.

Tak hanya Lamborghini, berikut ini 6 potret kendaraan mewah yang jadi koleksi selebriti kelahiran 17 Februari 1987 ii dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (20/10/2019). 

1. Ini salah satu mobil mewah milik Raffi Ahmad jenis Lamborghini Aventador berwarna putih-silver seharga Rp 12,2 miliar.

Koleksi mobil mewah milik Raffi Ahmad. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

2. Raffi juga memiliki mobil jenis Mini Cooper yang kabarnya seharga Rp 500-800 juta.

Koleksi mobil mewah milik Raffi Ahmad.  (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

3. Rolls Royce Phantom dan Lamborghini Aventador yang terparkir di rumah pasangan yang menikah Oktober 2014 lalu.

Koleksi mobil mewah milik Raffi Ahmad. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

4. Potret Raffi, Nagita dan Rafathar dengan mobil Lamborghini berwarna silver seharga Rp 15 miliar.

Koleksi mobil mewah milik Raffi Ahmad.  (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

5. Raffi dan Nagita juga memiliki mobil BMW i8 sport plug-in hybrid asal Jerman berwarna biru.

Koleksi mobil mewah milik Raffi Ahmad.  (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

6. Kabarnya inilah mobil Lamborghini Aventador berwarna hitam yang terbakar di kawasan Sentul Selatan, Bogor pada Sabtu kemarin.

Koleksi mobil mewah milik Raffi Ahmad. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Kita Siap Bantu Jika Jokowi Minta

Posted: 19 Oct 2019 11:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya siap jika diminta Presiden Jokowi di Kabinet.

"Kan sudah dibilang. Kalau diminta bantu, kita siap bantu. Kita di luar, siap juga," kata Dasco di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Meski demikian, dia masih mengelak bahwa sampai saat ini belum ada kepastian bahwa partai pimpinan Prabowo Subianto itu akan mendapatkan posisi di kabinet.

Berdasarkan informasi yang dihimpun. Gerindra awalnya meminta 3 menteri. Namun, hanya mendapatkan 1 menteri, dan 1 wakil menteri.

"Itu saya enggak tahu. Belum dapat kabar. Mau dapat atau enggak dapat, saya belum tahu. Kita fokus pelantikan dulu," kilahnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPNT Tepat Sasaran, Kemensos Harap Penerima Bantuan Nontunai Meningkat

Posted: 19 Oct 2019 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Ditjen PFM Kemensos Nurul Farijati bersama Asdep Bidang Kompensasi Sosial Kemenko PMK Herbin Manihurik dan perwakilan dari BRI mendatangi di Dusun Sungguareng, Desa Bontomatene, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto. 

Kedatangan mereka, ingin mengetahui mengenai bahan pangan tambahan lokal, bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kedatangan mereka pun disambut baik oleh Kepala Dinas Sosial Jeneponto, Rusli Ramli. 

Dalam kesempatan itu, Rusli mengatakan bahwa umbi-umbian saat ini dapat dijadikan bahan pangan lokal tambahan. Apalagi ditambah adanya kerja sama dengan Bulog yang diharapkan dapat memberikan kualitas beras sesuai harga, agar dapat bersaing di pasar. 

Namun peningkatan kualitas beras juga harus diibarengi dengan kuantitas. Ketika jumlah naik, maka diharapkan kualitas lebih baik lagi. Termasuk mengenai ketersediaan pasokan beras yang harus sesuai.

Selain bahan pangan, Herbin kembali menjelaskan mengenai program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Program BPNT adalah salah satu program pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan, di mana dana bantuan sosial untuk KPM sebelumnya Rp110 ribu tahun depan menjadi Rp150 ribu.

 

"Tetapi tidak berhenti sampai disitu. Selain ditingkat awal, kami juga memberikan bantuan untuk mengurangi beban pengeluaran pemerintah khususnya pangan, program-program untuk pemberdayaan KPM tetap dilakukan hingga KPM dinyatakan mampu," jelas Herbin. 

 

e-warong sukses terlaksana.

E-Warong

BPNT yang dibuat pada 2018 berbeda dengan 2019. Perbedaan itu ada pada tahap perluasan Tahap II BPNT. Penyaluran perluasan BPNT pada September dan Oktober 2019 mencapai 202 kabupaten yang memiliki insfrastruktur, namun belum maksimal.

Seperti sinyal, ada yang blank spot (lemah sinyal) sehingga penyalurannya dilakukan dengan kebijakan khusus (diskresi). Misalnya penyalurann bisa dilakukan dua atau tiga bulan karena blank spot, nanti menggunakan EDC Offline.

Mesin EDC itu diberikan untuk setiap e-warong yang melayani 2-3 desa. Untuk mempermudah KPM yang jauh lokasinya, tidak perlu tiap bulan datang karena akan dirapel penyalurannya setiap dua atau tiga bulan. 

Beberapa waktu lalu pun, Herbin sempat mendatangi lokasi program BPNT di Maros, Makassar dan Jeneponto. Dia mengamati e-warong dan ternyata sudah cukup lengkap dan sesuai yang diharapkan. E-warong tidak hanya menjual beras dan telur tapi juga bahan pangan lainnya.

Menurut Herbin hal tersebut cocok untuk pengembangan program BPNT 2020 karena akan ada tambahan pangan bernutrisi dari segi karbohidrat, protein, dan tambahan makanan pendamping ASI. 

Pendamping ASI ini tentunya dalam rangka menurunkan angka kekurangan gizi, maupun stunting misalnya, seperti e-warong di Dusun Sungguareng yang menjual berbagai macam lauk pauk. Memiliki lemari pendingin yang dapat digunakan sebagai penyimpanan ayam, ikan atau daging.

Program BPNT adalah tranformasi dari Rastra yang lebih tepat sasaran. Penyalurannya juga tepat waktu dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Maka dari itu, PMK berharap agar tahun ini dapat memberikan bantuan dana sosial untuk 15.6 juta KPM di seluruh Indonesia. 

Sementara Himbara siap untuk mendukung program pemerintah termasuk rencana program BPNT pada 2020. Pihak BRI yang diwakili Taufik dijelaskannya sudah mempersiapkan infrastruktur, seperti menyiapkan EDC, jaringan untuk wilayah yang blank spot dengan mempergunakan BRI satelit.

BRI sebagai rekan pemerintah berharap agar program BPNT 2020 sukses terlaksana. BRI juga berlaku sebagai agen develoment yang ditugaskan pemerintah, agar semua fasilitas disiapkan free of charge (tidak ada biaya apapun) baik pengadaan EDC, ataupun minimum transaksi, maupun pembayaran jaringannya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar Congrats Jokowi Ma'ruf Amin Menggema Jelang Pelantikan Presiden 2019

Posted: 19 Oct 2019 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin bakal dilantik hari ini, Minggu (20/10/2019).

Menurut informasi, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin itu dijadwalkan bakal dilantik pada pukul 14.00 WIB.

Jelang keduanya dilantik di Gedung Nusantara, Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, warganet pun ramai-ramai mencuitkan selamat di lini masa Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, tagar #CongratsJokowiMarufAmin sudah menjadi trending topic.

Di antara cuitan, banyak pengguna Twitter yang mengucapkan selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Seperti dicuitkan pemilik akun @Raemma305, "Saatnya lepas landas! Kita tunjukkan ke dunia bahwa Indonesia adalah bangsa besar yang berdaulat, maju, dan bermartabat."

Cuitan Warganet Lainnya

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres

Posted: 19 Oct 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden dilakukan di Gedung MPR Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ma'ruf Cahyono mengatakan rangkaian acara pelantikan yang digelar dalam sidang paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta itu dimulai pukul 14.30 WIB.

"Rundown yang terakhir dimulai pukul 14.30 ya," kata Ma'ruf di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Pada rundown sidang paripurna MPR pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang diterima, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pada pukul 14.30 WIB.

Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin ritual mengheningkan cipta dan setelahnya langsung membuka sidang paripurna MPR.

Acara dilanjutkan pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden serta penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Bagaimana selengkapnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024?

Saksikan Live Streaming "Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres" pada tautan ini atau di bawah ini...

 

Live Streaming Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Moon Jae-in: Selamat Atas Pelantikan Sahabat Saya, Bapak Joko Widodo

Posted: 19 Oct 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Korea Selatan Sore ini, Joko Widodo (Jokowi) akan dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024. Ucapan selamat datang dari berbagai kalangan dan pemimpin dunia, salah satunya dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Melalui akun Twitter pribadinya, Moon Jae-in menyebut, Jokowi adalah sahabat baiknya.

Ia kagum rakyat Indonesia kembali memilih Jokowi sebagai presiden untuk lima tahun mendatang. Dalam hal ini, Jokowi dipercaya rakyat Indonesia untuk memimpin dan semakin membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

"Rakyat Indonesia kembali memilih Bapak Joko Widodo sebagai presiden. Di balik kepemimpinan Bapak yang merangkul seluruh lapisan masyarakat, Indonesia akan semakin menikmati pertumbuhan yang semakin dinamis," tulis Moon Jae-in dalam ucapannya untuk Jokowi pada Minggu (20/10/2019).

Sayangnya, Moon Jae-in tidak dapat menghadiri momen pelantikan Jokowi hari ini. Namun, ia mengirim utusan khusus yang akanmenghadiri pelantikan Jokowi.

"Sebagai bentuk persahabatan, saya mengirim utusan khusus untuk menghadiri upacara pelantikan Bapak," lanjut Moon Jae-in.

Wujudkan Kesejahteraan Bersama

Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Negara Kim Jung-sook memeriksa penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

Moon Jae-in juga berharap, persahabatan antara Korea Selatan dan Indonesia terus meningkat. Kedua negara diharapkan mengalami kemajuan, yang ditandai kesejahteraan rakyat yang meningkat seiring kemajuan zaman.

Rasa saling percaya ikut menjadi pendorong utama memperkuat hubungan persahabatan Korsel dan Indonesia.

"Persahabatan dan rasa saling percaya yang ditunjukkan Bapak Joko Widodo telah mendorong Korea dan Indonesia untuk mewujudkan 'Special Strategic Partnership' yang merupakan satu-satunya di ASEAN," tambah Moon Jae-in.

"Saya berharap Korea dan Indonesia akan terus berupaya mewujudkan kesejahteraan bersama, dengan memadukan visi 'Indonesia Maju' dan 'New Southern Policy' sebagaimana yang kita lakukan selama ini."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Persiapan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Posted: 19 Oct 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin akan dilaksanakan pada Minggu (20/10) siang ini. Seluruh kalangan tentu tak sabar menantikan momen tersebut.

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan agar acara pelantikan ini berjalan dengan baik. Seperti pengamanan yang telah dilakukan hingga fasilitas mobil untuk tamu undangan. Dirangkum dari Merdeka.com, berikut deretan fakta pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin yang akan berlangsung beberapa saat lagi.

Pengamanan

Diperkirakan akan ada sekitar 30 ribu personel TNI-Polri yang diturunkan untuk mengamankan jalannya pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin. Tak hanya TNI-Polri, TNI Angkatan Udara (AU) juga telah mengerahkan 500 personel dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden-Wakil terpilih 2019-2024, yang akan digelar siang ini di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. Hal ini disampaikan oleh Kadispenau Marsma Fajar Adriyanto.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 
 

Fasilitas Mobil untuk Tamu Undangan

Mobil Tamu Negara. ©2019 Merdeka.com/Supriatin

Sebanyak 18 mobil Mercedes Benz disediakan Sekretariat Negara untuk membawa tamu negara yang menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres terpilih Ma'ruf Amin pada Minggu, 20 Oktober 2019. Penyediaan kendaraan untuk tamu VVIP ini bebas biaya sewa.

Adapun kendaraan tersebut terdiri dari 11 unit seri S450 brand new dan 1 unit Cadangan S450. Selain itu, 6 unit seri E300 brand new. Mercedes Benz S 450 L untuk tamu kepala negara atau perdana menteri.

Sementara Mercedes Benz E 300, disiapkan untuk perwakilan kepala negara. Selain menyiapkan mobil untuk tamu VVIP, Sekretariat Presiden juga menyiapkan 66 unit kendaraan pendukung tamu negara. Total anggarannya mencapai Rp 1 miliar.

Dihadiri 20 Kepala Negara

Momen Kepala Negara Saat Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sumber: Instagram/sekretariat.kabinet)

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menyebutkan sebanyak 20 kepala negara atau perwakilan dari negara-negara sahabat akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 di Gedung Kompleks Parlemen, Senayan, pada Minggu (20/10).

"Sebanyak 20 pimpinan atau kepala pemerintahan atau kepala negara atau utusan dari negara sahabat juga mengatakan akan hadir," ujar Basarah di Jakarta, Kamis (17/10).

Selain kepala negara atau perwakilan negara sahabat, Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, mantan calon presiden Prabowo Subianto dan mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno juga menyatakan kehadirannya dalam acara pelantikan.

Persiapan Syukuran

Petugas kepolisian berjaga di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Car free day (CFD) ditiadakan Minggu (20/10) ini dalam rangka pelantikan Presiden dan Wapres periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'aruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ratusan anggota TNI-Polri bersiaga di sepanjang jalan Medan Merdeka hingga Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (20/10). Jalan-jalan di kawasan tersebut pun telah disterilkan dari seluruh kendaraan bermotor.

Terlihat pula sebuah panggung berukuran sedang yang telah dipajang lengkap dengan sound system juga layar LED untuk acara nonton bersama pelantikan presiden dan wakil presiden 2019 di Gedung MPR Senayan.

"Iya kita sediakan juga titik-titik layar LED untuk nobar pelantikan," kata Andi Gani, Ketua Pelaksana Syukuran Presiden dan Wakil Presiden 2019, saat dihubungi, Minggu (20/10).

Andi menegaskan tidak akan ada arak-arakan seperti terjadi pada pelantikan Jokowi di periode sebelumnya. Semua semata mengikuti arahan dan kemauan Jokowi.

"Tapi nanti akan ada kejutan, ditunggu saja," ucap Andi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Livoli 2019 Final Putri: Bank Jatim vs Popsivo Polwan di O Channel

Posted: 19 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim putri Bank Jatim, berpeluang mencetak hattrick juara Livoli Divisi Utama. Setelah jadi yang terbaik di tahun 2017 dan 2018, tahun ini mereka kembali sukses menembus final.

Siang ini, mereka ditantang PGN Popsivo Polwan di partai puncak yang digelar di GOR Tangerang. Duel ini dipastikan seru karena Popsivo Polwan jelas bukan tim sembarangan.

Popsivo tahun ini sukses jadi juara di ajang Proliga 2019. Sementara tahun lalu, mereka meraih posisi ketiga di Livoli Divisi Utama 2018 di Magetan.

Popsivo sendiri lolos ke final usai mengalahkan TNI AL di babak semifinal. Sedangkan Bank Jatim menumbangkan tim promosi Kharisma Bandung.

Live Streaming Livoli 2019 Final Putri: Bank Jatim vs Popsivo Polwan di O Channel dimulai pukul 14.00 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Livoli2019 Final Putri: Bank Jatim vs Popsivo Polwan di O Channel pada halaman selanjutnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Livoli 2019 Final Putri: Bank Jatim vs Popsivo Polwan di O Channel silakan klik di sini....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Ekonom Terhadap Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

Posted: 19 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Minggu (20/10/2019), Jokowi akan dilantik menjadi presiden untuk kedua kalinya. Pemerintahannya selama 5 tahun ke belakang dinilai memiliki kinerja yang cukup baik terutama di sektor infrastruktur dan konektivitas.

Namun, ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian kepemimpinan Jokowi 5 tahun ke depan. Ekonom Centre of Reforms on Economics (CORE) Piter Abdullah berharap kepemimpinan Jokowi nantinya tidak hanya bertumpu pada satu sektor.

"Pembangunan ekonomi harusnya tidak hanya bertumpu pada satu sektor, tapi harus dikembangkan secara komprehensif sebagai strategi. Tujuan kita mau kemana, mana saja yang kita mau kembangkan. Di era Jokowi kemarin ini, industri kita pertumbuhannya tertinggal," pungkas Piter.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Industri Turun Selama 11 Tahun Terakhir

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Piter menambahkan, penurunan laju pertumbuhan industri memang tidak serta merta salah pemerintah Jokowi, karena industri telah turun selama 11 tahun. Namun di era Jokowi, tidak terlihat adanya upaya menghambat laju penurunan tersebut.

"Sekarang pertumbuhan industri di Indonesia di bawah 5 persen, padahal negara lain sudah di atas 20 persen. Ini yang disayangkan," tuturnya.

Oleh karenanya, pemerintahan selanjutnya diharapkan bisa mengatur strategi pemerintahan yang jelas. Kejelasan strategi akan membantu pemimpin negara menentukan orang-orang yang tepat untuk menjalankan misinya. Misalnya, kalau strategi ekonominya bersifat berani, maka jangan mencari orang yang cari aman. Begitu pula sebaliknya, jika strategi ekonominya agar stabil dan aman, jangan mencari orang yang berani dan menerobos.

"Jadi yang kita harapkan itu, ya, itu. Strategi. Itu yang lemah di periode ini. Pak Presiden hanya menentukan tujuan, membangun infrastruktur, tapi tidak jelas mau kemana. Sehingga ketika sudah siap, pemanfaatannya minim," tutur Piter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angka Perceraian di Pasaman Barat Sumbar Membengkak

Posted: 19 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Pasaman Barat - Selama Januari hingga awal Oktober 2019, tercatat sebanyak 480 kasus perceraian terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

"Angka perceraian di Pasaman Barat itu cukup tinggi," kata Wakil Ketua Pengadilan Agama Talu, Pasaman Barat, Fahmi seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, kasus perceraian sebanyak itu terdiri dari cerai talak sebanyak 170 kasus dan gugatan cerai sebanyak 310 kasus.

Selain kasus cerai, kasus lain yang ditangani sebanyak 141 kasus, antara lain kasus harta warisan, pembatalan hibah, wali adal, dan isbat nikah.

Ia mengimbau kepada suami istri agar tidak mudah terjadi pertengkaran yang berujung pada perceraian.

"Hiduplah dengan harmonis. Jika ada pertengkaran selesaikan secara baik-baik," ujarnya.

Pihaknya dalam menangani kasus perceraian tetap mengedepankan upaya mediasi bagaimana agar perceraian tidak terjadi.

Namun, jika tidak ada titik temu dalam upaya mediasi, maka mau tidak mau akan berujung kepada perceraian.

Ia mengajak kepada pasangan suami istri agar menyelesaikan setiap masalah dengan kepala dingin sebelum persoalan itu sampai ke pengadilan.

"Mudah-mudahan setiap pasangan suami istri dapat menjadi keluarga yang harmonis dan menghindari perceraian," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Buang-buang Waktu Saat Belanja, Ini 3 Triknya

Posted: 19 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan memilih barang terlebih mempertimbangkan harga, kerap menguras banyak waktu saat Anda berbelanja di mal atau supermarket. Tak heran, jika banyak pria enggan menemani wanita berbelanja.

Mengutip laman Lifehack.org, Minggu (20/10/2019), saat ini belanja secara daring dianggap dapat lebih mengirit waktu.

Tapi bagi para wanita yang sudah menikah, tentu terdapat keperluan rumah tangga yang tak melulu dibeli secara daring seperti makanan, minuman, peralatan rumah tangga, obat hingga perlengkapan berkebun.

Alhasil pergi ke toko atau pusat perbelanjaan menjadi kebiasaan yang tidak terhindarkan. Berikut tiga trik belanja agar Anda tak banyak membuang waktu dan dapat berbelanja secara efisien:

1. Cari informasi sebelum belanja

Sebelum berbelanja, carilah informasi kesediaan barang yang Anda butuhkan di sejumlah situs belanja online.

Jika barang yang Anda beli merupakan peralatan rumah tangga, Anda juga dapat mengecek keasliannya melalui sejumlah kajian online.

Selain itu, Anda juga dapat meminta informasi dari para tetangga atau teman yang pernah menggunakan produk tersebut. Pastikan toko yang Anda datangi memang menjual produk yang tengah dibutuhkan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2. Buat jadwal belanja

Ilustrasi belanja (dok. Pixabay.com/gonghuimin468/Putu Elmira)

Susunlah jadwal belanja kebutuhan sehari-hari sekitar seminggu sekali. Lalu berbelanjalah di toko yang dekat dengan rumah.

Sebelum berbelanja, tanyakan kebutuhan anggota keluarga yang lain agar Anda tak perlu kembali ke toko di luar jadwal tersebut.

Pastikan toko tersebut juga menyediakan segala perlengkapan yang Anda butuhkan serta memiliki ketentuan pembelian yang jelas.

3. Membuat daftar belanja

Mengetahui apa yang Anda butuhkan merupakan hal yang sangat penting sebelum berbelanja. Buatlah daftar keperluan tersebut sebelum pergi ke tempat belanja agar Anda tidak membuang waktu berpikir apa yang ingin dibeli.

Saat tiba di tempat belanja, patuhi daftar yang telah dibuat dan jangan melirik barang-barang lain. Tergiur dengan barang-barang lain berarti Anda telah kehilangan banyak waktu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat dengan Penerbangan Non-Stop Terlama Akhirnya Tiba di Sydney

Posted: 19 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Sydney - Penerbangan pesawat berpenumpang non-stop terpanjang akhirnya mendarat di Australia pada Minggu (20/10/2019) pagi, setelah terbang lebih dari 19 jam di udara. Pesawat Qantas dengan kode penerbangan QF7879 ini melakukan perjalanan langsung tanpa transit dari New York ke Sydney.

Dikutip dari AFP pada Minggu (20/10/2019), hanya terdapat 49 penumpang yang ikut dalam perjalanan Boeing 787-9 tersebut, hal ini untuk meminimalisir bobot di atas pesawat dan meringankan jangkauan bahan bakar untuk bisa menempuh jarah lebih dari 16.000 kilometer tanpa isi ulang kembali.

CEO Qantas, Alan Joyce menyebut momen ini sebagai momen yang sangat bersejarah untuk penerbangan Qantas dan penerbangan dunia.

"Ini adalah bagaimana kita bisa mengelola tingkat kelelahan piloy dan juga mengelola jetlag penumpang. Setelah 19 jam dalam perjalanan, saya pikir sistem kita sudah benar. Bahkan rasanya tidak seperti penerbangan yang jauh," kata dia setelah pesawatnya tiba di Sydney.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Bekerja Sama dengan Peneliti

Jika masih bingung atraksi lokal seperti apa yang bisa dinikmati di Australia, Qantas menawarkan harga spesial untuk menikmati atraksi lokal terbaik. (Foto: Qantas)

Qantas sudah bekerja sama dengan dua universitas untuk melakukan pantauan terhadap bagaimana jetlag mempengaruhi kesehatan penumpang dan anggota kru kabin saat mereka melintasi beberapa zona waktu.

Setelah menaiki pesawat, para penumpang dipersilakan untuk mengatur jam mereka ke waktu Sydney dan tetap terjaga sampai malam dengan pencahayaan, olahraga, kafein, dan makanan pedas.

Enam jam kemudian, mereka disajikan makanan berkabohidrat tinggi, diminta untuk menghindari cahaya layar gadget dan diberikan lampu redup untuk mengantar mereka tertidur.

Profesor Marie Carrol, seorang peneliti dari Universitas Sydney melakukan percobaan, dan mengatakan bahwa ia berharap pendekatan inovatif akan menghasilkan kemungkinan jetlag yang kecil.

"Saya berharap mereka akan memiliki hari yang sama seperti mereka di darat. Ini semua adalah eksperimen untuk melihat apakah maskapai penerbangan dapat menyesuaikan jadwal makanan, minuman, olahraga, dan pencahayaan agar selaras dengan waktu tujuan," katanya.

Pilot yang Dikhawatirkan Kurang Istirahat

Qantas (dok. Qantas)

Keempat pilot yang menerbangkan pesawat tersebut juga mengenakan perangkat yang melacak gelombang otak serta kewaspadaan mereka.

Asosiasi Pilot Australia dan Internasional, yang juga mewakili pilot Qantas, sempat mengangkat isu kekhawatiran mengenai pilot yang tidak mendapatkan kualitas istirahat yang cukup selama penerbangan jarak jauh.

Qantas sendiri tahun lalu pernah memperkenalkan penerbangan dengan layanan langsung pertama dari kota Perth ke London dengan total waktu perjalanan 17 jam, yang juga menjadi penerbangan terpanjang di dunia saat itu.

 

Reporter: Windy Febriana

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lamborghini Miliknya Terbakar, Raffi Ahmad Ikhlas

Posted: 19 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raffi Ahmad baru saja tertimpa musibah, salah satu mobil mewahnya yaitu Lamborghini Aventador, terbakar pada Sabtu (19/10/2019). Kejadian tersebut terjadi di kawasan Sentul, Jawa Barat, sekitar pukul 14.30 WIB.

Berita buruk tersebut pertama kali dikonfirmasi kebenarannya oleh Irwansyah, yang juga sahabat karib suami Nagita Slavina itu. Irwansyah yang baru saja menggelar konferensi pers, langsung menghubungi Raffi Ahmad setelah mendengar kabar tersebut.

Irwansyah pun menyampaikan kepada wartawan bahwa benar mobil Lamborghini yang terbakar itu adalah milik Raffi Ahmad.

"Enggak tahu kenapa, awalnya enggak apa-apa. Kata dia (Raffi) gitu," kata Irwansyah saat ditemui di kawasan Jalan Bangka Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019).

"Tapi nggak kenapa-kenapa kok (terbakarnya)," lanjutnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Raffi Ahmad Buka Suara

Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad yang dimodif menyerupai mobil Batman (YouTube/ RansEntertainment)

Yang terbaru, Raffi Ahmad sendiri akhirnya buka suara terkait berita tersebut. Melalui sebuah video di kanal YouTube-nya, Raffi Ahmad mengatakan bahwa Lamborghini hitam yang viral karena terbakar itu memang benar miliknya. Video tersebut kemudian diunggah pada Minggu (20/10/2019).

"Nih, ini biar dikasih tahu, ini hari Sabtu 19 Oktober jam 23.58 WIB, memang tadi gua ada kejadian mobil Lamborghini gue musibah di tanggal ini nih, tapi di siang," kata Raffi Ahmad dalam video tersebut.

 

Lebih Rinci

(Liputan6.com/IG/raffinagita1717)

Hanya saja, Raffi Ahmad tidak bicara terlalu banyak terkait musibah tersebut. Namun ia berjanji akan membahas masalah mobi Lamborghini-nya yang terbakar itu lebih rinci bersama sang istri, Nagita Slavina.

"Entar lah kalau masalah itu entar gue bikin video sendiri sama Nagita sebelum tidur, karena banyak juga wartawan yang nanya, tapi aku tuh kalau jawabin wartawan satu-satu nanti itu akan nanya-nanya terus, gue mendingan nanti deh gue bikin deh," sambungnya.

 

Ikhlas

Raffi Ahmad. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Terlepas dari bagaimana mobil mewahnya itu bisa terbakar, Raffi Ahmad menanggapinya dengan bijak. Ia berusaha untuk ikhlas menghadapi musibah yang tengah menimpanya.

"Enggak apa-apalah yang penting kalau musibah gitu, ini aja, ikhlas aja," katanya lagi.

Simpang Siur

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)

Sekali lagi, Raffi Ahmad berjanji dalam waktu dekat akan berbicara lebih jelas lagi bersama sang istri, Nagita Slavina, soal musibah yang baru saja menimpanya itu. Diharapkan agar setelah klarifikasi itu dilakukan tidak ada berita yang simpang siur menyangkut musibah tersebut. 

"Nanti kalau bahas masalah apa yang terjadi, musibah siang tadi, nanti gua bahas deh belum tidur. Entar gue cerita aja supaya nggak jadi berita yang simpang siur," tegasnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Posted: 19 Oct 2019 10:55 PM PDT

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani melakukan sidak memastikan pasokan listrik saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di UPB (Unit Pengatur Beban) Cawang, Jakarta, Minggu (20/10/2019).  PLN menyebut sedang siaga pada H-2 hingga H+1 pelantikan presiden. (Dok. PLN)

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani melakukan sidak memastikan pasokan listrik saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di UPB (Unit Pengatur Beban) Cawang, Jakarta, Minggu (20/10/2019). PLN menyebut sedang siaga pada H-2 hingga H+1 pelantikan presiden. (Dok. PLN)

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani melakukan sidak memastikan pasokan listrik saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di PLN UPB Cawang, Jakarta, Minggu (20/10/2019).  PLN menambah pasokan cadangan dan memastikan semua sumber suplay listrik dalam posisi yang aman dan siap. (Dok. PLN)

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani melakukan sidak memastikan pasokan listrik saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di PLN UPB Cawang, Jakarta, Minggu (20/10/2019). PLN menambah pasokan cadangan dan memastikan semua sumber suplay listrik dalam posisi yang aman dan siap. (Dok. PLN)

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani saat sidak jelang pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di PLN UPB Cawang, Jakarta, Minggu (20/10/2019).  PLN menyiapkan cadangan pasokan dari 10 unit captive power dengan total daya 6,3 MVA yang turut disiagakan jelang pelantikan Presiden dan Wapres. (Dok. PLN)

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani saat sidak jelang pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di PLN UPB Cawang, Jakarta, Minggu (20/10/2019). PLN menyiapkan cadangan pasokan dari 10 unit captive power dengan total daya 6,3 MVA yang turut disiagakan jelang pelantikan Presiden dan Wapres. (Dok. PLN)

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani melakukan sidak memastikan pasokan listrik saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di  UPB (Unit Pengatur Beban) Cawang, Jakarta, Minggu (20/10/2019).  (Dok. PLN)

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani melakukan sidak memastikan pasokan listrik saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di UPB (Unit Pengatur Beban) Cawang, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Dok. PLN)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pakai Belerang, Petani di Jombang Basmi Hama Tikus

Posted: 19 Oct 2019 10:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Merajalelanya hama tikus di sejumlah lahan pertanian jagung, membuat petani di Jombang, Jawa Timur, terus memutar otak untuk membasminya. Salah satunya, dengan menggunakan belerang dan tabung elpiji.

Cara ini diyakini ampuh untuk memberantas sarang hama tikus. Pasalnya, serangan hama tikus saat ini membuat petani jagung gagal panen. Berikut video liputannya pada Fokus, 18 Oktober 2019.

Beginilah sejumlah aktivitas petani jagung, yang berada di lahan pertanian Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito, Jombang, Jawa Timur. Dengan gotong royong, sejumlah petani ini membasmi hama tikus, dengan menggunakan metode pengasapan di lubang tikus. Alat sederhana, seperti; belerang dan tabung elpiji terpaksa digunakan petani untuk mengatasi banyaknya serangan hama tikus, karena tak memiliki alat lain.

Dalam sistem pekerjaannya, belerang dimasukkan ke dalam lubang, kemudian dipanaskan dengan api dari tabung gas elpiji, hingga menimbulkan asap dan bau asap inilah, dipercaya bisa membasmi tikus yang berada di dalam lubang sarangnya.

Sejumlah petani berharap, meski menggunakan cara manual, bisa membantu para petani agar tidak terserang hama tikus.

"Karena di desa kami, hama tikus sangat merajalela, sehingga menghabiskan buah jagung, yang siap panen milik petani," kata Siswandi, petani.

Sebelumnya, ratusan hektar tanaman jagung, milik petani di 2 kecamatan di Kabupaten Jombang, mengalami gagal panen, akibat serangan hama tikus. Hal ini mengakibatkan para petani merugi hingga ratusan juta rupiah, di musim tanam kali ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Unggahan Jokowi di Medsos Jelang Pelantikan

Posted: 19 Oct 2019 10:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pelantikan, akun instagram @jokowi memposting foto sang presiden terpilih Joko Widodo tampak dari samping. Dalam postingan foto tersebut, Jokowi mengenakan jas hitam, kopiah hitam, dan dasi warna merah.

"Kerja bersama, menuju Indonesia Maju," tulis akun resmi Presiden Jokowi tersebut, Minggu (20/10/2019). Foto itupun dijadikan profil di akun instagram Jokowi.

Sementara itu, Presiden Jokowi mendapat ucapan selamat dari para kepala negara atas dirinya yang kembali dilantik sebagai presiden periode 2019-2024. Ucapan selamat itu disampaikan oleh para kepala negara sahabat saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka Jakarta.

Adapun pada pukul 09.00 hingga 10.20 WIB tadi, Jokowi menerima Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteti Australia Scott Morisson, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Raja Mswati III. Mereka bertemu Jokowi satu per satu dengan waktu hanya sekitar 20 menit.

"Beliau sampaikan ucapan selamat pada presiden untuk masa jabatan berikutnya dan yakin membawa Indonesia lebih baik," ujar Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi, usai mendampingi Jokowi.

Komitmen Perkuat Hubungan Bilateral

Pasangan Presiden dan Wapres terpilih, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Selain itu, Jokowi dan para kepala negara itu juga saling berkomitmen memperkuat hubungan bilateral. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan terima kasih kepada para tamu negara yang hadir di hari pelantikannya.

"Presiden sampaikan terima kasih tamu yang datang jauh untuk hadir dan Presiden sampaikan komitmen sama bahwa Indonesia perkuat bilateral," kata Retno.

Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR Jakarta pada hari ini. Acara pelantikan dimulai pukul 14.30 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Hal yang Dilakukan Prabowo untuk Yakinkan Gerindra Gabung ke Koalisi Jokowi

Posted: 19 Oct 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sinyal Partai Gerindra bergabung ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja Jilid II semakin kuat.

Hal tersebut setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu di Istana pada Jumat, 10 Oktober 2019 lalu.

Pada pertemuan empat mata itu, keduanya berbicara peluang Partai Gerindra bergabung dengan pemerintah.

Usai pertemuan tertutup, Prabowo mengaku siap jika Gerindra memang diperlukan untuk mendukung pemerintah. Menurutnya, setelah bertarung di Pemilu, kepentingan bangsa di atas segalanya.

"Jika kami diperlukan kami siap membantu. Kalau diperlukan kami siap, kami akan beri gagasan," ujar Prabowo.

Untuk bergabung ke koalisi Jokowi, Prabowo pun harus meyakinkan para kader partainya. Hal itu dikarenakan ada beberapa kader Gerindra yang menolak bergabung ke koalisi Jokowi.

Berikut hal-hal yang dilakukan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk meyakinkan kadernya:

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Ceritakan Kisah Pemimpin 3 Negara

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (dua kiri) saat menghadiri Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019). Prabowo ditemani Waketum Gerindra Edhy Prabowo dan Sugiono saat menghadiri Kongres PDIP. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sandiaga Uno mengungkap cerita Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto meyakinkan kader Gerindra yang menolak bergabung dengan lingkaran Presiden Jokowi.

Prabowo menceritakan tiga kisah pemimpin dunia dari tiga negara yang berbeda. Kisah itu memiliki satu pesan bahwa dua tokoh besar yang bersaing dapat bersatu karena kesamaan visi untuk membangun negara.

Pertama, adalah kisah Abraham Lincoln dan William Seward. Seward yang tidak menyukai Lincoln sampai mengatainya monyet, bisa diterima Lincoln untuk menjadi bagian dari kabinet.

Bahkan Lincoln memberikan jabatan orang ketiga terkuat di Amerika. Sandiaga mengatakan jawaban Lincoln membuka mata pendukungnya dan Seward.

"Ada satu hal yang tidak bisa dibantahkan dua dari kita memiliki kecintaan luar biasa kepada united states of America dan karena kecintaan kepada USA dan saya butuh masukan bukan asal bapak senang, dari bukan orang yang memberikan masukan yang ingin saya dengar, saya butuh Anda sebagai orang terdekat dengan saya," kata Sandiaga mengulang cerita Prabowo, di Hambalang, Rabu, 17 Oktober 2019.

Kedua, adalah cerita dari Jepang antara Toyotomi Hideyoshi dan Tokugawa Ieyasu. Sandiaga bilang kedua panglima perang itu siap perang. Namun, akhirnya bertemu dan bersatu karena kecintaan terhadap negara dan menghindari keterbelahan.

"Dan menghindari keterbelahan kenapa kita enggak sepakat untuk tidak berperang besok. Selesaikan dalam bentuk perundingan," kata Sandiaga.

Cerita terakhir adalah kisah pendiri Republik Rakyat Tiongkok Mao Zedong dengan Deng Xao Ping. Kisah pertikaian kedua tokoh di masa lalu tidak dihiraukan untuk melihat masa depan.

"Mao bilang jangan-jangan bicarakan masa lalu. Deng juga setuju jangan bicarakan masa lalu. Kita melihat ke depan RRT yang kuat," ujar Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu bilang kisah itu menyimpulkan pemikiran Prabowo agar mengedepankan cinta bangsa dan NKRI. Serta melihat ke depan dan menghindari perpecahan. Hal tersebut disampaikan kepada kader Gerindra dalam Rapimnas.

"Hindari perpecahan. Cinta keutuhan dan cinta NKRI. Dengan begitu plong dan jelas posisi Gerindra. Jangan spekulasi. Jangan ikut arahan gendang arahan media. Keputusan ada di tangan Presiden. Jadi kita jangan juga membebani dia. Dia akan ambil keputusan dengan ketenangan jiwa," pungkas Sandiaga.

 

Akan Tetap Kritis

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Dalam pertemuan tersebut mereka membahas permasalahan bangsa dan koalisi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengingatkan bahaya oligarki saat semua partai politik akhirnya berada dalam satu lingkaran kekuasaan.

Prabowo mengingatkan supaya para kader Gerindra terutama di parlemen tetap menjaga kepentingan rakyat.

"Karena meskipun semua partai bergabung, Pak Prabowo ingatkan tentang bahaya oligarki. Jangan sampai para elite bersatu tapi kemudian melupakan akar rumput atau rakyat di bawah yang tertinggal," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Gerindra, kata dia, akan tetap mengedepankan kepentingan rakyat meski telah sepakat mendukung pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin lima tahun ke depan. Caranya dengan tetap menjaga mitra kritis.

"Kita tetap berpikir kritis meskipun kita sepakat mendukung pemerintah," tukas Muzani.

 

Tunjuk Edhy Prabowo Jadi Calon Menteri

Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo akan segera menindaklanjuti informasi terkait adanya kelompok tani yang menolak masuk asuransi

Walau belum mengumumkan bergabung ke koalisi Jokowi, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjuk Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo sebagai kandidat calon menteri Presiden Jokowi periode kedua.

Hal tersebut diakui langsung oleh Edhy Prabowo.

"Bahwa siapa, ada nama saya disebut, saya juga mengucapkan Alhamdulillah, bersyukur, karena saya termasuk yang ditunjuk. Tapi sekali lagi teman-teman saya tidak mau GR karena saya juga tahu, kemampuan saya juga mungkin belum luar biasa, saya tidak merasa saya hebat," kata Edhy di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Oktober 2019.

Dia mengaku tidak pernah meminta-minta jabatan kepada Prabowo. Edhy mengatakan, bakal mengikuti sepenuhnya tugas yang diamanahkan oleh Prabowo.

"Kalau kemudian Pak Prabowo menugaskan saya, secara prinsip ya namanya tugas ya kami harus jalankan. Enak enggak enak kan harus tetap dijalankan," tegas Edhy.

 

Reporter : Syifa Hanifah

Sumber  : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: