Jumat, 25 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kejutan Mengharukan untuk Umat Nasrani Kebumen di Jumat Berkah

Posted: 25 Oct 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dikenal dengan slogannya, 'Beriman'. Pastinya tagline Kebumen ini punya hubungan khusus pula dengan julukan Kebumen lainnya, kota santri.

Kebumen memang dikenal sebagai salah satu pusat penyebaran agama Islam pada masa silam. Pesantren-pesantren berusia ratusan tahun adalah jejak sejarah yang tak lekang oleh zaman.

Ada pula yang khas di Kebumen, toleransi dijunjung tinggi. Peradaban keagamaan yang tua membuat masyarakat Kebumen dewasa dalam hal keagamaan. Tak ada ceritanya konflik berlatar belakang agama di wilayah pesisir selatan Jawa ini.

Tentu saja, harmoni, keselarasan dan toleransi itu mesti dijaga. Dan itu, menjadi tugas seluruh elemen masyarakat, termasuk kepolisian.

Soal toleransi, sekelumit cerita ini barangkali bisa menggambarkan betapa masyarakat di Kebumen sangat menunjung kebersamaan dan keberagaman. Perbedaan itu pasti, tinggal bagaimana penyikapannya.

Muslim meyakini bahwa Jumat adalah hari penuh keberkahan. Itu makanya, ada istilah Jumat berkah untuk menunjukkan betapa mulianya hari ini. Jumat adalah hari besar per pekan.

Biasanya, umat muslim membersihkan rumah ibadah pada Jumat pagi. Siang harinya, masjid akan digunakan untuk ibadah Jumat. Pun dengan personel Polres Kebumen yang tiap jumat terbiasa bekerja bakti membersihkan masjid dan lingkungan.

Tetapi, ada yang berbeda pada Jumat, 15 Oktober 2019. Selain membersihkan lingkungan masjid, personel Polres Kebumen juga membersihkan lingkungan rumah ibadah umat Nasrani, gereja. Ada pesan toleransi dalam kegiatan ini.

 

Jumat Berkah

Polisi Kebumen bersih-bersih lingkungan masjid dan gereja pada Jumat berkah. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo).

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan terlihat membaur dengan polisi lainnya. Tak beda dengan personel lain, Kapolres berbekal sapu lidi dan kemoceng. Ia turut menyapu dan membersihkan lingkungan dan dalam masjid.

Bersama personel Polres Kebumen, ia memunguti sampah, mengepel tempat wudhu hingga membersihkan pilar Masjid Agung Kebumen dan menyedot debu karpet masjid membantu takmir menyiapkan salat Jumat.

"Kegiatan ini kita gelar serentak di Kebumen. Kita niatkan ibadah, membersihkan Masjid sebelum pelaksanaan salat jumat. Kegiatan ini agar Polres Kebumen semakin dekat dengan masyarakat Kebumen," katanya, Jumat.

Selesai membersihkan Masjid Agung, Rudy lantas menuju gereja ST Yohanes Maria Vianney. Sama seperti di Masjid Agung, Kapolres juga turut bersih-bersih di lingkungan gereja.

Kapolres bilang, kerja bakti digelar mulai tingkat Polres hingga Polsek jajaran dalam waktu bersamaan. Bahwa polisi dekat dan mengayomi seluruh masyarakat tanpa memandang ras, suku, agama dan budayanya.

"Ini bentuk bakti sosial kepada masyarakat. Kegiatan ini akan selalu ditingkatkan oleh Polres Kebumen setiap hari jumat," dia menjelaskan.

Pengurus Gereja ST Yohanes Maria Vianney, Romo Kriswarsito mengapresiasi apa yang dilakukan Polres Kebumen. Ia pun beterima kasih kepada personel yang mampu membersihkan area geraja, yang luar biasanya, hanya dalam hitungan menit.

Pasalnya, jumlah personel yang terlibat cukup banyak. Karenanya, pembersihan halaman hingga dalam gereja pun hanya butuh waktu yang amat singkat.

"Saya sangat bahagia dan senang sekali, tidak hanya bantuan fisik namun lebih ke hubungan dan kedekatan polres kebumen dengan para pengurus dan jamaah gereja," ucap Romo Kriswarsito.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Kisah Kakek Jualan Bakso Gerobak Sambil Bonceng Istri

Posted: 25 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cinta memang tak hanya sebatas kamu cantik atau ganteng, tidak juga dinilai berdasarkan apa yang telah dilakukan dan diberikan. Namun, cinta sejati merupakan hubungan batin yang sangat kuat antara dua insan.

Parmin (75) dan istrinya, Painem (64) membuktikan kalau ketulusan dan kesetiaan cinta tetap ada meski usia tidak lagi muda.

Kisah mereka dibagikan sebuah akun Instagram @jelajahsolo. Dalam unggahannya terlihat Parmin dan istrinya berboncengan untuk menjual baso keliling dengan menggunakan gerobak sepeda.

Meski usia telah senja, mereka dengan kompak berjualan bakso keliling alun-alun Kidul Kraton, Surakarta dan juga di SMA MTA Semanggi. Demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Painem dengan setia menemani suaminya berdagang.

Sehari-hari, pasangan lansia ini mulai berjualan pukul 12.00 dan akan kembali ke rumah ketika dagangannya sudah ludes terjual. 

Jika biasanya bakso dijual dengan harga Rp 10 - Rp 20 ribu per mangkok, bakso yang dijual Paimin terbilang lebih murah. Mereka bahkan akan tetap melayani meski ada yang membeli bakso dengan harga Rp 3 ribu.

Viral

(@jelajahsolo/instagram.com)

Tidak disangka, unggahan tersebut beredar hingga menjadi perbincangan warganet. Banyak dari mereka terkesan dan turut mendoakan pasangan kakek dan nenek ini.

"Masya Allah tabarakallah. Sehat terus mbah," tulis akun @dea_ditak.

"Bakso kuahnya enak banget min, beneran gak kaleng-kaleng, semoga senantiasa laris terus," tulis akun lainnya.

"Semoga semangatnya menjadi contoh pemuda jaman sekarang," sahut akun lainnya.

Patut Dicontoh

Sumber: Instagram @jelajahsolo

Untuk menuju ke pangkalan tempat mereka berjualan, biasanya Parmin akan menggunakan sepeda gerobaknya dan akan memboncengi sang istri. Sesekali jika merasa lelah, ia akan berhenti di tengah jalan untuk beristirahat. Meski begitu, semangat yang dimiliki keduanya tidak pernah habis dimakan usia.

Dari Parmin dan juga Painem kita dapat mencontoh semangat yang mereka miliki, mereka membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang untuk bermalas-malasan dalam mencari rezeki. 

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City Vs Aston Villa: Wajib Menang demi Jaga Persaingan

Posted: 25 Oct 2019 10:00 PM PDT

Jakarta Manchester City akan ditantang Aston Villa pada laga pekan ke-10 Premier League. City wajib meraih hasil positif untuk menjaga persaingan dengan Liverpoool.

Terlebih, Manchester City sedang sangat bersemangat. Pemicunya adalah kemenangan telak atas Atalanta di pentas elite Eropa. Aston Villa, yang selalu menang dalam dua pertandingan terakhirnya, wajib waspada.

Di Liga Champions tengah pekan kemarin, Manchester City menang 5-1 saat menjamu Atalanta. Raheem Sterling menyumbang tiga gol serta satu assist, Sergio Aguero mencetak dua gol, sedangkan masing-masing satu assist diukir oleh Phil Foden, Riyad Mahrez, dan Ilkay Gundogan.

Sementara itu, Aston Villa, yang notabene merupakan tim promosi, tampil cukup apik di Premier League musim ini.

Aston Villa baru mencatatkan dua kemenangan beruntun di liga. Aston Villa berturut-turut menang 5-1 di markas Norwich City dan menekuk Brighton 2-1 di kandang.

Barisan belakang City harus mewaspadai Wesley. Penyerang 22 tahun Brasil tersebut sudah mencetak empat gol dalam sembilan penampilan untuk Aston Villa di Premier League musim ini. Selain itu, ada pula Jack Grealish dan Anwar El Ghazi yang masing-masing telah mengukir tiga assist.

Dalam laga kandang terakhirnya melawan Aston Villa di Premier League, pada musim 2015/16, City menang 4-0 lewat gol-gol Yaya Toure, Aguero (2), dan Sterling.

Dalam laga kandang terakhirnya di Premier League, pada pekan ke-8, Manchester City secara mengejutkan dipermalukan Wolverhampton 0-2. The Citizens tentu tak ingin menelan dua kekalahan kandang beruntun di liga untuk pertama kalinya sejak Februari 2016.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Data dan Fakta

Premier League. (Bola.com/Adreanus Titus)

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Mendy, Fernandinho, Stones, Walker; David Silva, Gundogan, De Bruyne; Sterling, Aguero, Bernardo Silva.

Manajer: Josep Guardiola.

Aston Villa (4-3-3): Heaton; Targett, Mings, Engels, Guilbert; Hourihane, Nakamba, McGinn; Grealish, Wesley, El Ghazi.

Manajer: Dean Smith.

5 Pertemuan Terakhir

  • 05-03-2016 City 4-0 Aston Villa (EPL)
  • 30-01-2016 Aston Villa 0-4 City (FA Cup)
  • 08-11-2015 Aston Villa 0-0 City (EPL)
  • 25-04-2015 City 3-2 Aston Villa (EPL)
  • 04-10-2014 Aston Villa 0-2 City (EPL)

5 Pertandingan terakhir Manchester City

  • 28-09-2019 Everton 1-3 City (EPL)
  • 02-10-2019 City 2-0 Dinamo Zagreb (UCL)
  • 06-10-2019 City 0-2 Wolverhampton (EPL)
  • 19-10-2019 Palace 0-2 City (EPL)
  • 23-10-2019 City 5-1 Atalanta (UCL)

5 Pertandingan Terakhir Aston Villa

  • 22-09-2019 Arsenal 3-2 Aston Villa (EPL)
  • 26-09-2019 Brighton 1-3 Aston Villa (Carabao Cup)
  • 28-09-2019 Aston Villa 2-2 Burnley (EPL)
  • 05-10-2019 Norwich 1-5 Aston Villa (EPL)
  • 19-10-2019 Aston Villa 2-1 Brighton (EPL)

Prediksi Bola.com

Manchester City 70-30 Aston Villa

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Aditya Wicaksono/Editor: Rizki Hidayat, published 26/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Jatim Ungkap Transaksi Fiktif pada Layanan Aplikasi

Posted: 25 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur (Jatim) mengungkap transaksi fiktif yang terjadi pada layanan aplikasi pesan antar makanan. Polisi juga mengamankan enam tersangka.

Wakil Direktur Reserce Kriminal Khusus (Wadiresskrimsus) Polda Jawa Timur Arman Asmara menuturkan, komplotan pemesan fiktif ini diketahui berasal dari kawasan Malang.

Enam tersangka yang ditangkap berinisial MZ (30), warga Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Malang, FG (29) warga Bandungrejo, Kecamatan Sukun, Malang, JA (23) warga Bandungrejo, Sukun, Malang.

Lalu juga ada AA (37), Warga Jodipan, Blimbing, Malang, TS (35), Warga Sukun, Malang, dan AR (32), warga Kota Lama, Kedung Kandang, Kota Malang. "Keenam tersangka kita tangkap dengan perannya masing-masing," tutur Arman.

Arman menuturkan, dalam kasus ini, tersangka FS, TS, AR dan JA berperan sebagai pelanggan fiktif. Mereka membuat akun dan memesan fiktif. Sementara untuk tersangka MZ dan AA, berperan sebagai pemilik restoran fiktif dan telah memiliki akun fiktif.

"Keenam orang yang telah berbagi peran ini kemudian melakukan tugasnya masing-masing," ujar dia mengutip Antara, Sabtu (26/10/2019).

Dengan menggunakan akun-akun aktif ini, para tersangka kemudian menggunakan aplikasi pembayaran yang memiliki voucher diskon.

Kemudian dengan voucher itu, para pelanggan fiktif tidak perlu lagi membayar ke aplikasi senilai makanan yang dibeli. Akan tetapi, dalam kasus ini pihak aplikasi tetap membayar kepada akun restoran fiktif.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Transaksi Sehari

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Arman mengungkapkan, dalam sehari para tersangka dapat melakukan transaksi minimal 100 kali transaksi. Polisi menghitung, setidaknya dapat meraup keuntungan bersih masing-masing Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta setiap hari.

"Dari pengakuan sementara para tersangka, mereka melakukan penipuan ini sejak Juli 2019. Nilai kerugian dari pihak aplikator terhitung puluhan juta," ujar dia.

Dari tangan para tersangka, polisi pun menyita setidaknya 30 unit ponsel dan sisa keuntungan sebesar Rp 12 juta.

Sementara itu, Regional Head of Corporate Affair Gojek Wilayah Jatim dan Bali Nusra, Alfianto Domy mengapresiasi pengungkapan pesanan fiktif ini.

"Gojek berkolaborasi dengan Polda Jatim mengungkap pelaku order fiktif dan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kesigapan dan kecepatan tim Cyber Crime Polda Jatim dalam menindak tegas pelaku order merchant fiktif," ujar dia.

Dalam kasus ini polisi menjerat para tersangka dengan pasal 35 jo pasal 51 ayat 1 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, dan pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Kulit Kering Saat Cuaca Panas, Ini Saran Pakar

Posted: 25 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari terakhir cuaca panas melanda sebagian besar wilayah Indonesia. Jika kurang minum, hal ini bisa menimbulkan masalah pada kulit.

"Keep hydrate, jangan sampai kurang minum air. 2 liter per hari sudah paling minimum," ujar dokter Devina Nova Estikaratri, Head of Erha.DNA di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kulit yang terhidrasi di cuaca panas seperti saat ini tak bakal masalah yang timbul. Keluhan kulit kering dan bersisik pun tak akan muncul.

 

© Shutterstock

Selain dari dalam, perlindungan dari luar pun dibutuhkan selain losion yakni penggunaan sunblock atau tabir surya." Di kawasan Asia, jumlah minimunnya 30 SPF. Jangan malas re-apply," tegasnya.

Devina juga menyarankan penggunaan produk perawatan kulit tidak hanya di wajah, juga leher. 

"Jangan lupa dipakai ke leher. Kadang wanita lupa memakai skincare di sana, akibatnya leher jadi bintik-bintik flek hitam," saran Devina.

Meski rasanya pasti segar mencuci wajah memakai air dingin usai berpanas-panasan. Namun, ini tidak disarankan. Perubahan yang terlalu mendadak dapat membuat kulit mengalami syok.

Penulis: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Mencegah Fraud di Bisnis Online

Posted: 25 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laporan 'Experian Global Fraud and Identity Report APAC' yang dikeluarkan pada Mei 2019, memaparkan 40 persen bisnis di Indonesia mengalami peningkatan kerugian terkait dengan fraud (kecurangan) secara online selama 12 bulan terakhir.

Mayoritas pelanggan (77 persen) menilai 'keamanan' sebagai unsur yang paling penting dari pengalaman online mereka.

Lewat digitalisasi di Indonesia yang direncanakan akan bergerak sejalan dengan Visi Go Digital 2020, pendekatan yang berimbang antara pengelolaan dan kenyamanan akan menjadi hal penting bagi organisasi-organisasi di Indonesia, saat mereka menjangkau semakin banyak pelanggan secara online.

Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa investasi pada solusi manajemen fraud tanpa gesekan akan menjadi penting bagi keberhasilan jangka panjang, seiring dengan upaya mereka dalam melayani pengguna digital.

Menurut layanan informasi global, Experian, langkah-langkah pencegahan fraud yang efektif tidak hanya dirancang untuk melindungi organisasi (perusahaan) dan pelanggannya, tapi juga menjaga agar pelanggan tetap dapat berinteraksi dengan cepat, mudah, dan sesuai dengan keinginan.

Untuk membangun dan mengadopsi strategi pencegahan fraud tanpa gesekan, melalui siaran persnya, Sabtu (26/10/2019), Experian merekomendasikan perusahaan yang bergerak di bisnis online untuk melakukan lima langkah berikut.

 

1. Menggunakan Data yang Tidak Tersedia bagi Penipu

Ilustrasi cara mencegah fraud. Dok: independent.co.uk

Dalam proses autentikasi identitas, organisasi dapat menggunakan data yang ada dalam sistem mereka sendiri daripada mengandalkan data yang diberikan oleh pelanggan yang mungkin juga tersedia di kanal publik.

Data demikian dapat termasuk informasi dari interaksi pelanggan sebelumnya seperti konten dari pemesanan sebelumnya, atau bahkan informasi perangkat mereka.

2. Mempertimbangkan Kasus Bisnis untuk Kepatuhan

Banyak organisasi berinvestasi pada data analitik dengan tujuan utama memenuhi syarat-syarat kepatuhan. Namun, organisasi seharusnya mepertimbangkan keuntungan yang dapat dibawa oleh pemenuhan kepatuhan kepada bisnis mereka.

Contohnya, layanan data yang tepat bisa membantu organisasi mengidentifikasi secara akurat dan membuktikan data pelanggan lebih mudah--merupakan syarat dasar dan paling penting bagi pencegahan fraud tanpa gesekan.

 

3. Proaktif

Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Organisasi bisa menjadi sangat konservatif ketika mengadopsi teknologi baru dalam melakukan autentikasi, memeriksa, atau mendeteksi aksi fraud.

Namun, ekspektasi pelanggan yang terus berkembang serta kemajuan teknologi menyebabkan pendeteksian fraud menjadi sebuah usaha yang bersifat terus menerus atau konstan.

4. Menghindari Sistem IT Yang Terpisah-pisah

Sistem IT yang terpisah-pisah tidak memungkinkan perusahaan untuk mengkonsolidasikan data dari berbagai sumber, terkadang menjadi penghalang untuk mencegah fraud secara efektif dan bahkan membuat gesekan terhadap pelanggan.

Untuk menghindari skenario seperti di atas, perusahaan harus berinvestasi hanya pada solusi fraud yang dapat disesuaikan dengan mudah dan mampu terintegrasi secara penuh terhadap seluruh area operasional dari bisnis. 

Hal ini memungkinkan perusahaan dengan cepat beradaptasi terhadap ancaman yang terus-menerus berubah.

 

5. Jumlah Gesekan yang Tepat Terkadang Merupakan Hal Baik

Ilustrasi belanja online (Sumber Foto: Pexels)

Beberapa gesekan pada perjalanan pelanggan (customer journey) adalah suatu hal yang baik, bahkan terkadang diperlukan.

Untuk transaksi yang bernilai tinggi atau sensitif, misalnya, pelanggan perlu merasa yakin bahwa data mereka aman, bahkan jika itu berarti mereka harus melalui beberapa pemeriksaan keamanan.

Namun, perusahaan harus tahu bahwa hal tersebut tidak dapat dilakukan untuk seluruh jenis transaksi. Contohnya, pelanggan tidak seharusnya diwajibkan untuk melalui beberapa pemeriksaan hanya untuk memeriksa saldo rekening mereka.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayu Ting Ting dan 5 Artis Indonesia Ini Sempat Dikritik karena Bisnis Kuliner

Posted: 25 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deretan selebriti di Tanah Air tak selalu berkutat dengan profesinya. Beberapa di antara mereka juga melihat peluang wiraswasta dan menjalankannya. Salah satunya adalah Ayu Ting Ting.

Salah satu bidang usaha yang ditekuni Ayu Ting Ting adalah bisnis kuliner. Beberapa artis Indonesia lain juga sempat menjalani usaha serupa. Raffi Ahmad dan Jessica Iskandar misalnya.

Namun sayangnya, usaha kuliner Ayu Ting Ting dan beberapa selebriti Tanah Air ini tak selalu berjalan mulus. Ada beberapa keluhan yang dilontarkan konsumen melalui media sosial maupun lewat vlog.

Bisnis kuliner para artis ini pun sempat dihujani kritikan. Para artis ini pun santai saja menghadapinya. Yuk ikuti deretan artisnya berikut ini.

1. Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting bisnis kue 'Kuenya Ayu'. (Instagram)

Ayu Ting Ting sempat membuka bisnis kue dengan merek dagang Kuenya Ayu. Sayangnya, banyak yang menilai bentuk kue dagangan Ayu Ting Ting ini kurang rapi.

"Digambar bagus tp kenyataannyaan aduuuh," tulis pengguna akun Instagram @jeje.anggoro dalam sebuah komentar foto.

Namun begitu, banyak yang menilai rasa kue Ayu Ting Ting ini tergolong enak.

2. Nia Ramadhani

Foto Ekslusif Nia Ramadhani. (Fotografer: Bambang E. Ros/Fimela.com, Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Fimela.com/ Stylist: Wisnu Genu/Fimela.com, Dress: Fendi)

Nia Ramadhani mencoba peruntungan dengan membuka bisnis roti dengan merek Roti Mama Nia. Namun, beberapa konsumen yang mengkritik harganya yang dinilai terlampau mahal dengan ukuran kecil.

Bahkan, ada yang merasa kurang puas dengan rasanya. Sampai-sampai beberapa vloger juga ikut mengkritiknya.

Nia sendiri pernah menanggapi kritik pelanggan ini dan ia bersikukuh rasa rotinya masih sebanding dengan harganya.

3. Maia Estianty

Maia Estianty menikmati suasana liburan di Korea Selatan (Dok.Instagram/@maiaestiantyreal/https://www.instagram.com/p/Byoyf6_Hy0n/Komarudin)

Maia Estianty memiliki usaha menjual makanan ringan dengan merek Al El Dul. Sayangnya, makanan ringan rasa ayam ini dianggap terlampau mahal.

"Yang beli mungkin para artis2...uang segitu kalo kita2 yg krjanya sehari pas2an ya goeman beli..," kata @neyliz_khanna.

Bahkan ketika kita membuka YouTube, ada beberapa video yang memperlihatkan camilan ini masih menyisakan bulu ayam. Beberapa konsumen di media sosial pun mengeluhkan hal serupa.

Meskipun begitu, ada juga vloger yang memperlihatkan isi camilan dagangan Maia ini tak memiliki bulu seperti yang dikeluhkan beberapa konsumen. Ia bahkan menikmati makanan ringan ini.

4. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad (Adrian Putra/ © Fimela.com)

Selain berkecimpung di dunia hiburan, Raffi Ahmad juga pernah menjual ayam goreng bermerek Aa' Raffi Fried Chicken. Namun, ada yang mengkritik soal pelayanan di beberapa cabang rumah makannya.

"Maaf untuk yg di kepanjen tolong kebersihanya lebih di tingkat lagi...tisu bekas cuci tangan berserakan di lantai..trus meja gk langsung di bersihkan hbs ada org makan..sukses trs ...," tulis @wati83641.

Namun untuk rasa, banyak yang memuji kelezatan ayam goreng Raffi Ahmad ini.

5. Jessica Iskandar

Jessica Iskandar (Instagram/inijedar)

Tak ketinggalan, Jessica Iskandar juga menjual roti kasur dengan merek dagang Barack Bakery. Sayangnya, ada konsumen yang menganggap harga roti ini terlalu mahal.

Beberapa vloger bahkan pernah membandingkan roti Jedar ini dengan roti keluaran salah satu perusahaan terkemuka. Namun, tak sedikit yang mengaku puas dengan roti ini.

6. Muzdalifah

Muzdalifah (Nurwahyunan/bintang.com)

Muzdalifah juga menjajal bisnis kuliner dengan membuka katering. Istri Fadel Islami ini pun menjajakan berbagai macam penganan.

Ketika menu diperlihatkan di Instagram, harga katering Muzdalifah malah banjir kritik. Banyak yang mengeluhkan harga katering itu terlampau mahal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penyelamatan Kepala Anjing Terjebak Dalam Toples Plastik

Posted: 25 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seekor anjing yang kepalanya terjebak dalam toples plastik berhasil diselamatkan. Anjing ini ditemukan di kota Nashik, India.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Lebat Picu Longsor di Jepang, 10 Orang Tewas

Posted: 25 Oct 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Chiba - Hujan deras tengah mengguyur bagian timur Jepang, menyebabkan banjir dan tanah longsor. Jumlah korban tewas dilaporkan ada delapan orang per Sabtu, empat orang lainnya dilaporkan hilang menurut portal berita NHK.

Gulf News melaporkan bahwa jumlah korban badai itu meningkat menjadi 10 orang dengan tiga orang lainnya dilaporkan hilang.

Peristiwa ini terjadi selang dua pekan setelah wilayah itu dilanda angin topan yang kuat.

Mengutip Channel News Asia, Sabtu (26/10/2019), tanah longsor terjadi di area yang tergenang air di Prefektur Chiba dan Fukushima, di timur dan timur laut Jepang, yang dilanda badai ketiga dalam enam pekan. Di beberapa tempat, curah hujan selama satu bulan dilaporkan turun dalam setengah hari.

Perintah dan nasihat evakuasi dikeluarkan di sepanjang koridor utara yang dilanda dua topan sejak bulan lalu. Kota Ushiku di Chiba menerima 283,5mm hujan selama 12 jam.

Pihak berwenang memperingatkan kemungkinan tanah longsor dan banjir lebih lanjut, terutama di daerah-daerah yang terkena tanggul yang belum diperbaiki setelah Topan Hagibis melanda Jepang tengah dan timur dengan hujan lebat dan angin kencang.

Topan itu menewaskan sedikitnya 82 orang, dengan hampir selusin masih hilang dan lebih dari 300 lainnya terluka.

"Sudah dua minggu sejak bencana yang disebabkan oleh Topan 19 (Hagibis) dan hujan terus turun sesekali sehingga orang perlu mengambil hati-hati yang diperlukan," kata Perdana Menteri Shinzo Abe dalam twit.

Perintah Evakuasi

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Perintah evakuasi dikeluarkan untuk setidaknya 80.000 orang di Chiba, di mana sungai-sungai meluap. Sebagian besar layanan kereta di Chiba dihentikan, meninggalkan para pelancong terdampar di stasiun-stasiun, kata NHK.

Sebagian wilayah Chiba diguyur hujan 86mm dalam satu jam pada Jumat pagi, dengan beberapa daerah menerima lebih dari sebulan hujan dalam satu hari. Sebagian besar Chiba kehilangan kekuatan, dalam beberapa kasus selama berminggu-minggu, di Topan Faxai pada bulan September dan kemudian dilanda hujan lebat akibat Hagibis.

Pemerintah juga meminta 340.205 orang untuk mengungsi rumah mereka di Prefektur Fukushima karena kemungkinan tanah longsor.

"Hujan mengguyur wilayah Tokyo hampir sepanjang hari sebelum bergerak ke utara. Total curah hujan di daerah sekitar Tokyo kemungkinan akan mencapai sekitar 200 hingga 300mm pada malam hari," kata Badan Meteorologi Jepang.

Sementara itu, laporan NHK juga menyebut bahwa beberapa penerbangan ke Tokyo dialihkan karena hujan lebat.

Badai tropis Bualoi, yang menghantam pulau-pulau Ogasawara di selatan kepulauan utama Jepang pada hari Kamis ketika masih dalam kekuatan kategori topan, sedang menuju ke Pasifik dan diperkirakan akan melemah menjadi depresi tropis pada Jumat.

Jumlah Korban Longsor Masih Simpang Siur

Ilustrasi Tanah Longsor

Laporan Japan Times, menyebut bahwa tanah longsor menewaskan dua orang di Chiba dan satu orang hilang pada Jumat, ketika wilayah di timur Jepang itu tengah memulihkan diri dari dampak Topan Hagibis yang membawa hujan lebat.

Di Midori, dua tanah longsor menghantam tiga rumah, menewaskan dua warga - pria dan wanita - keduanya berusia 60-an. Yang ketiga diyakini seorang wanita berusia 40-an, kata polisi setempat.

"Tepat di selatan, di Ichihara, seorang wanita 57 tahun terluka serius ketika rumahnya juga terkena tanah longsor," kata polisi setempat.

Di tengah hujan lebat, imbauan evakuasi dikeluarkan untuk puluhan ribu orang di daerah-daerah di sekitar Tokyo karena pihak berwenang memperingatkan kemungkinan tanah longsor dan banjir lebih lanjut - terutama di daerah-daerah yang terkena tanggul tanggul yang bahkan belum ditangani.

Instruksi untuk evakuasi dikeluarkan kepada 10.000 penduduk Chiba di kota Kamogawa, Minamiboso, Ichihara dan Mobara. Kamogawa sendiri mendapat 85,5 mm hujan hanya dalam satu jam pada hari Jumat pagi, menetapkan rekor kota.

Polisi Chiba mengatakan mereka menerima panggilan darurat Jumat mengatakan sebuah sungai di ibukota telah banjir dan sebuah kendaraan tersapu. Seorang wanita berusia 70-an kemudian diselamatkan dari kendaraan yang tergenang tanpa terluka, kata polisi.

Pada satu titik, Pemerintah Prefektur Chiba mengumumkan bahwa Bendungan Takataki di Ichihara akan melepaskan air dari reservoirnya di kemudian hari sebagai tindakan darurat, tetapi tetap menahan diri setelah ketinggian air turun. Langkah serupa untuk Bendungan Kameyama di Kimitsu dibatalkan karena alasan yang sama.

Sebelum terjangan Topan Hagibis, banyak bagian Chiba tanpa listrik selama berminggu-minggu karena kerusakan saluran listrik yang meluas akibat Topan Faxai yang sangat kuat pada bulan September.

Di seberang teluk di Prefektur Kanagawa, sebuah imbauan evakuasi dikeluarkan untuk 50.000 orang di Sagamihara, yang dihantam banjir bandang dari Hagibis dan kehilangan enam penduduk, termasuk keluarga yang hanyut dalam mobil mereka. Dua orang lainnya masih hilang.

Sementara itu, di Prefektur Fukushima, Iwaki menerima rekor jumlah hujan dari jam 4 sore. sampai jam 7 malam Jumat, banjir tiga sungai dan mendorong pemerintah setempat untuk mengeluarkan perintah evakuasi untuk seluruh kota. Tidak ada cedera serius yang dilaporkan.

Di Bandara Narita di Chiba, sembilan penerbangan dialihkan karena hujan deras, kata operatornya. Wilayah Tokyo diperkirakan akan disiram dengan 200 hingga 300 mm hujan pada malam hari sebelum pindah ke utara, kata Badan Meteorologi.

Topan Bualoi, yang menghantam Kepulauan Ogasawara di selatan kepulauan Jepang pada hari Kamis, menuju ke Pasifik dan diperkirakan akan melemah pada hari Jumat nanti.

Sepeninggal Topan Hagibis, setidaknya 87 orang dipastikan tewas dan delapan orang hilang pada Jumat malam, menurut penghitungan oleh Kyodo News.

Kantor Kabinet mengatakan 3.864 orang masih di tempat penampungan pada hari Jumat, dan kementerian kesejahteraan mengatakan 9.733 rumah tangga tanpa air pada hari Jumat.

Tanggul sungai rusak di 140 lokasi di 71 sungai, dan 618 tanah longsor dikonfirmasi di 20 prefektur, menurut kementerian pertanahan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Seseorang Bisa Kecanduan Internet

Posted: 25 Oct 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di era digital ini, internet sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di berbagai penjuru dunia. Makin bertumbuhnya infrastruktur telekomunikasi, makin besar penggunaan internet yang di akses oleh masyarakat.

Apalagi didukung smartphone yang harganya sudah relatif terjangkau, sehingga hampir tiap individu pasti memiliki akses internet. Selain membawa dampak positif, pertumbuhan ini juga membawa dampak negatif.

Salah satunya, kecanduan internet. Kecanduan internet ditandai dengan keasikan yang berlebihan atau kurang terkontrol dalam perilaku penggunaan komputer dan akses internet. Sekarang ini mulai dari anak-anak hingga orang tua sudah kecanduan internet.

Penjelasan Ilmiah Kecanduan Internet

Unlimited Internet 4G mampu membuat netizen merasa puas ketika mengakses internet. Mengapa?

Kecanduan internet ini juga pernah dijelaskan secara ilmiah dan hasil laporannya telah terbit di jurnal PNAS. Para ilmuwan dari Haas School of Business UC Berkeley menjelaskan, kebiasaan ini dilakukakan karena otak manusia membutuhkan pengetahuan, entah informasi itu penting atau tidak.

Menurut peneliti, informasi khususnya dari internet dapat merangsang sistem penghargaan dopamin manusia, seperti yang Liputan6.com lansir dari Medical News Today, Sabtu (26/10/2019). Ini sama seperti yang terjadi bila kita mengonsumsi junk food, minuman beralkohol, atau mendapat uang.

Dopamin adalah salah satu zat kimia di otak (neurotransmiter) yang berperan mempengaruhi emosi, gerakan, sensasi kesenangan dan rasa sakit. Dopamin memegang peranan penting dalam banyak fungsi tubuh manusia.

"Bagi otak, informasi ibarat hadiah. Terlepas dari informasi itu bermanfaat atau tidak. Otak dapat menilai informasi yang membuat kita merasa lebih baik, meski informasi tersebut tak bermanfaat. " kata penulis penelitian dan ahli neuroekonomi Ming Hsu.

Keingintahuan Pada Sistem Otak

Ilustrasi Internet (sumber: iStockphoto)

Keingintahuan membantu manusia untuk membuat keputusan yang menguntungkan. Sementara dari pandangan psikolog, rasa ingin tahu berfungsi untuk memenuhi keinginan diri, yakni mengetahui suatu hal.

Terlepas dari itu, dari penelitian tersebut Hsu dan tim memilih melihat bagaimana saraf rasa ingin tahu bekerja. Mereka mengumpulkan sejumlah peserta penelitian untuk bermain judi. Selagi responden bermain judi, para ahli memindai otak mereka.

Para peneliti menemukan bahwa informasi yang berkontribusi pada pengetahuan peluang menang judi, berhasil mengaktifkan bagian otak yang sama yang bertanggungjawab untuk penilaian, disebut Striatum dan Ventromedical Prefrontal Cortex (VMPFC).

VMPFC merupakan area otak atau tempat sistem hadiah penghasil dopamin distimulasi. VMPFC juga merupakan tempat dopamin dilepaskan melalui pemikiran dan keingintahuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari ke-3 Operasi Zebra 2019, Polisi Tilang 7.314 Kendaraan

Posted: 25 Oct 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra 2019 di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Tercatat, sebanyak 7.314 pengendara dilakukan penilangan oleh polisi.

"Hasil Operasi Zebra Jaya hari ke-3 tahun 2019, sebanyak 7.314 ditilang dan tahun 2018 sebanyak 8.323 ditilang. Itu artinya menurun 12 persen," kata Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya Kompol Fahri dalam keterangannya, Sabtu (26/10/2019).

Lalu, sebanyak 2.284 pengendara telah diberikan teguran oleh polisi. Jumlah tersebut menurun 65 persen dibandingkan pada 2018 yaitu sebanyak 1.384 pengendara.

Selain itu, itu untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan dilakukan penindakan sebanyak 439 pengendara. Jumlah ini juga menurun dibanding 2018 sebanyak 889 pengendara.

"Sebanyak 1.641 pengendara melawan arus lalu lintas. Angka ini menurun 36 persen dibanding tahun 2018 sebanyak 1.206 pengendara. Dan untuk yang tidak membawa atau tidak memiliki SIM sebanyak 827 pengendara dan yang tidak membawa atau tidak memiliki STNK sebanyak 23 pengendara," sebutnya.

Sedangkan, untuk kendaraan roda empat atau mobil yang dilakukan penindakan karena menggunakan atau bermain handphone selama berkendara sebanyak 174 perkara. Angka itu meningkat 172 persen dibanding tahun lalu yang hanya 64 perkara.

"Sebanyak 348 pengendara tidak membawa atau tidak memiliki SIM dan 4 pengendara tidak membawa atau tidak memiliki SIM. Sedangkan yang tidak menggunakan safety belt sebanyak 118 pengendara," ujar Fahri.

2 Kasus Kecelakaan

Selain itu, selama Operasi Zebra 2019, tercatat sebanyak 2 kasus kecelakaan lalu lintas. Angka tersebut naik 100 persen, karena pada 2018 tidak ada kecelakaan lalu lintas selama Operasi Zebra.

"Untuk luka berat sebanyak 1 orang, luka ringan sebanyak 1 orang dan kerugian materi sebesar Rp 400 ribu," ucapnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menggelar operasi lalu lintas bersandikan Operasi Zebra Jaya 2019. Operasi tersebut digelar selama 14 hari mulai Rabu 23 Oktober 2019.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prancis Terbuka 2019: Anthony Ginting Akui Tak Mudah Taklukkan Momota

Posted: 25 Oct 2019 09:35 PM PDT

Paris - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, lolos ke semifinal Prancis Terbuka 2019, Ini setelah Anthony berhasil mengalahkan Kento Momota pada laga perempat final.

Menjalani pertandingan di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Jumat (25/10/2019) malam WIB, Anthony Ginting yang menempati unggulan delapan secara mengejutkan mampu melewati adangan Momota.

Anthony Ginting menang 21-10 dan 21-19 atas unggulan teratas asal Jepang tersebut, dalam pertarungan selama 43 menit. Kemenangan ini menjadi hasil yang menggembirakan untuk Anthony.

Sebab, dia akhirnya bisa menaklukkan pemain rangking satu dunia tersebut. Dari 13 pertemuan, Anthony tercatat baru mengantongi tiga kemenangan. Pada enam pertemuan terakhir, Anthony harus mengakui keunggulan Momota.

"Saya bersyukur hari ini bisa memenangkan pertandingan. Dari awal saya coba untuk memegang jalannya pertandingan. Strategi yang saya rancang dari awal juga berhasil saya lakukan di lapangan," ujar Anthony.

"Selain itu saya rasa Momota juga terlihat capek. Setelah juara di Denmark Terbuka, di sini juga dia mainnya ketat terus dari babak pertama," lanjut Anthony dalam rilis dari PBSI.

Bagi Anthony Ginting, setiap duel melawan Kento Momota tidak berlangsung mudah. Baginya, Momota merupakan pebulutangkis yang mampu mengatasi rasa lelah yang dialami.

"Lawan Momota selalu tidak mudah. Di lapangan Momota bisa menyembunyikan rasa capeknya dan mengatur strategi untuk mengatasi hal tersebut," ujar Anthony Ginting.

 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Jumpa Unggulan Kelima

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, berhasil lolos ke semifinal Prancis Terbuka 2019 setelah menang 21-10, 21-19 atas Kento Momota dalam laga perempat final di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Jumat (25/10/2019) malam WIB. (dok. PBSI)

Pada semifinal Prancis Terbuka 2019, Anthony Ginting akan bersua unggulan kelima, Chen Long. Pebulutangkis asal China tersebut lolos ke babak empat besar setelah mengalahkan tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, dalam pertarungan dua gim 21-19, 21-12.

"Saya harus mempersiapkan fisik dan fokusnya lagi, supaya besok bisa lebih baik. Karena makin ke sini lawannya semakin berat. Sebisa mungkin jangan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah saya capai sampai semifinal ini," ungkap Anthony.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Rizki Hidayat/Editor: Aning Jati, published 26/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Megah, Hotel Berbentuk Gitar Ini Habiskan Dana Rp 21 Triliun

Posted: 25 Oct 2019 09:35 PM PDT

Tampilan bangunan Seminole Hard Rock Hotel & Casino yang menyerupai gitar di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Selasa (22/10/2019). Hotel ini menghabiskan dana pembangunan senilai USD 1,5 miliar atau Rp 21,7 triliun. (Zak BENNETT/AFP)

Tampilan bangunan Seminole Hard Rock Hotel & Casino yang menyerupai gitar di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Selasa (22/10/2019). Hotel ini menghabiskan dana pembangunan senilai USD 1,5 miliar atau Rp 21,7 triliun. (Zak BENNETT/AFP)

Tampilan bangunan Seminole Hard Rock Hotel & Casino yang menyerupai gitar di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Selasa (22/10/2019). Seminole Hard Rock Hotel & Casino memiliki 638 yang terdiri dari 36 lantai. (Zak BENNETT/AFP)

Tampilan bangunan Seminole Hard Rock Hotel & Casino yang menyerupai gitar di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Selasa (22/10/2019). Seminole Hard Rock Hotel & Casino memiliki 638 yang terdiri dari 36 lantai. (Zak BENNETT/AFP)

Hard Rock Cafe di dalam Seminole Hard Rock Hotel & Casino di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Jumat (18/10/2019). Seminole Hard Rock Hotel & Casino dibuka untuk umum pada 24 Oktober 2019. (Zak BENNETT/AFP)

Hard Rock Cafe di dalam Seminole Hard Rock Hotel & Casino di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Jumat (18/10/2019). Seminole Hard Rock Hotel & Casino dibuka untuk umum pada 24 Oktober 2019. (Zak BENNETT/AFP)

Ruang teater dalam Seminole Hard Rock Hotel & Casino di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Jumat (18/10/2019). Ruang teater tersebut akan menyajikan 100 pertunjukan setahun. (Zak BENNETT/AFP)

Ruang teater dalam Seminole Hard Rock Hotel & Casino di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Jumat (18/10/2019). Ruang teater tersebut akan menyajikan 100 pertunjukan setahun. (Zak BENNETT/AFP)

Orang-orang berdiri dekat 'The Oculus' ketika mereka menghadiri grand opening Seminole Hard Rock Hotel & Casino di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Kamis (24/10/2019). Seminole Hard Rock Hotel & Casino dilengkapi sekitar 3000 mesin slot, 193 meja permainan serta 46 meja poker. (Zak BENNETT/AFP)

Orang-orang berdiri dekat 'The Oculus' ketika mereka menghadiri grand opening Seminole Hard Rock Hotel & Casino di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, Kamis (24/10/2019). Seminole Hard Rock Hotel & Casino dilengkapi sekitar 3000 mesin slot, 193 meja permainan serta 46 meja poker. (Zak BENNETT/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Kekuasaan, MPR: Politik di MPR adalah Politik Kebangsaan

Posted: 25 Oct 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Politik MPR adalah politik kebangsaaan, bukan kekuasaan. Demikian dikatakan anggota MPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay. 

Menurutnya, pimpinan MPR yang berjumlah 10 orang merepresentasikan partai politik dan DPD untuk membangun politik kebangsaan. Pemilihan Ketua MPR secara musyawarah dan mufakat juga menjadi contoh konkrit politik kebangsaan di MPR.

"Di MPR arahnya adalah politik kebangsaan bukan politik kekuasaan," kata Saleh dalam Dialog Empat Pilar MPR dengan tema Praktik Politik Kebangsaan di Media Center, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (25/10).

Narasumber lain dalam dialog ini adalah Peneliti Politik LIPI Siti Zuhro dan anggota DPD dari Papua Barat, Philip Wamahma.

Saleh menjelaskan perbedaan antara politik kebangsaan dan politik kekuasaan. Tujuan politik kebangsaan adalah memperkuat kohesivitas sosial dan persatuan nasional. Politik kebangsaan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan nasional. Politik kebangsaan bersifat jangka panjang dan menjangkau jauh ke depan.

Sebaliknya politik kekuasaan mengutamakan kepentingan kelompoknya seperti kepentingan partai politik. Politik kekuasaan sifatnya jangka pendek untuk meraih kekuasaan. Partai politik memang untuk mencari kekuasaan. Saleh mencontohkan politik kekuasaan seperti memperebutkan posisi menteri di kabinet.

"MPR mengedepankan politik kebangsaan dibanding politik kekuasaan," ujar Sekretaris Fraksi PAN MPR ini.

Pengambilan keputusan secara musyawarah dan mufakat juga contoh konkrit politik kebangsaan di MPR. Contoh politik kebangsaan di MPR adalah Sidang Tahunan MPR dan Sosialisasi Empat Pilar MPR.

"Sidang Tahunan MPR bernuansa etis bukan politik, yaitu etika seorang pemimpin menjelaskan kepada rakyat capaian selama satu tahun. Sosialisasi Empat Pilar MPR juga merupakan contoh politik kebangsaan. Karena tidak ada kepentingan politik praktis dalam Sosialiasi Empat Pilar MPR. Itu adalah konteks membukan politik kebangsaan," paparnya.

Tidak jauh berbeda, anggota DPD dari Papua Barat Philip Wamahma sepakat bahwa MPR adalah wadah untuk mengakomodir kepentingan-kepentingan politik secara nasional.

"MPR sebagai rumah bersama dalam rangka memperjuangkan kepentingan-kepentingan warga negara," ujarnya.

Philip melihat ada kelemahan dalam membangun politik kebangsaan. Yaitu, pemegang kekuasaan tidak melaksanakan secara maksimal kewenangan yang diberikan.

"Jika negara ingin menerapkan politik kebangsaan maka perlu komitmen dan konsistensi para pemegang kekuasaan dalam menjalankan kewenangan dan setiap pengambilan keputusan. Perlu komitmen dan konsistensi dalam mengelola Indonesia. Kalau pemerintah hanya mengedepankan politik praktis, saya yakin dan percaya sistem politik nasional itu akan berpengaruh pada politik lokal," katanya.

Sementara itu peneliti LIPI Siti Zuhro mengatakan berbicara kebangsaan bukanlah tentang penguasa tetapi tentang pemimpin yang 'berpihak baik di level nasional maupun di level lokal.

Keberpihakan itu terlihat ketika pemimpin mengambil keputusan. "Ini adalah pertanyaan kebangsaan," katanya. Siti Zuhro mengajak untuk mengevaluasi perilaku dan tutur kata elit (politik).

Sebab, ketika masyarakat membutuhkan role model atau teladan dari para elit, masyarakat tidak mendapatkan teladan itu.

"Kita evaluasi elit (politik) kita. Peran apa yang sedang dimainkan elit kita. Apakah para elit menjadi faktor pendorong bagi kemajuan kita berbangsa dan bernegara, atau justru menjadi faktor yang menghambat karena perilakunya," katanya.

Evaluasi, lanjut Zuhro, tidak hanya pada elit (politik) tetapi juga evaluasi terhadap infrastruktur (partai politik, civil society, media) dan suprastruktur politik.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Kini Naik Rp 3.000 per Gram

Posted: 25 Oct 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam naik Rp 3.000 menjadi Rp 757 ribu per gram, pada perdagangan Sabtu (26/10/2019). Pada perdagangan Selasa, harga emas Antam dipatok Rp 754 ribu per gram.

Sedangkan untuk harga buyback emas Antam pada hari ini juga naik Rp 4.000 per gram menjadi Rp 679 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 679 ribu per gram.

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 07.50 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 7.810.000. Sedangkan untuk ukuran 20 gram dijual Rp 15.070.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen). 

Rincian Harga

Ilustrasi harga emas antam

* Pecahan 0,5 gram Rp 403.000

* Pecahan 1 gram Rp 757.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.463.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.173.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.605.000

* Pecahan 10 gram Rp 7.145.000

* Pecahan 25 gram Rp 17.755.000

* Pecahan 50 gram Rp 35.435.000

* Pecahan 100 gram Rp 70.800.000

* Pecahan 250 gram Rp 176.750.000

* Pecahan 500 gram Rp 353.300.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 706.600.000.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gudang LPG dan Penyimpanan Ban Bekas Terbakar di Surabaya

Posted: 25 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gudang elpiji (LPG) dan penyimpanan ban bekas, di Jalan Indrapura Surabaya, ludes terbakar. Panasnya cuaca dan hembusan angin, membuat api dengan cepat menyambar 2 ruko yang ada di sebelah gudang. Petugas PMK akhirnya bisa memadamkan api, setelah mengerahkan 25 unit mobil PMK.

Tidak diketahui asal api yang membakar ludes gudang elpiji dan penyimpanan ban bekas, di Jalan Indrapura, Surabaya ini. Api yang membesar melahap hampir semua tumpukan ban bekas, yang ada dalam gudang.

Kencangnya hembusan angin dan banyaknya material mudah terbakar, membuat api sulit dipadamkan. Bahkan dua ruko yang berada di sekitar lokasi awal kebakaran, juga tersambar api. Berikut diberitakan program Fokus, 24 Oktober 2019.

Menurut Wahab, penjaga gudang, ia tidak mengetahui asal api, yang tiba-tiba membesar dan membakar gudang itu. Lokasi kebakaran di kawasan padat, membuat api merembet ke bangunan sebelahnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun dua truk elpiji dan bangunan gudang ambruk. Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai milyaran rupiah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 2019: PSIS Semarang Vs Borneo FC di Indosiar Hari Ini

Posted: 25 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - PSIS Semarang dijadwalkan bertemu Borneo FC dalam lanjutan Shopee Liga 1, Sabtu (26/10/2019) akhir pekan ini. Sebagai tuan rumah, PSIS harus waspada dengan ambisi Borneo FC.

Ya, skuat asuhan Mario Gomez itu sedang dalam misi menggusur Madura United dari peringkat kedua klasemen Shopee Liga 1 2019. Borneo FC saat ini berada di peringkat ketiga dengan 40 poin atau hanya tertinggal satu poin dari Madura United.

Meski berstatus tim tamu, Borneo FC datang dengan kepercayaan diri tinggi. Tim berjuluk Pesut Etam tak terkalahkan dalam lima laga terakhir mereka (3 menang, 2 imbang).

Hal sebaliknya justru sedang dialami PSIS. Mahesa Jenar -julukan PSIS- sedang berada dalam tren buruk setelah hanya menang sekali dalam lima laga terakhir.

Teraktual, PSIS digebuk Barito Putera dengan skor 0-2. Satu-satunya kemenangan PSIS tercipta saat menekuk Persela Lamongan 0-1.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 PSIS Semarang vs Borneo FC dimulai pukul 18.30 WIB di Indosiar. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Link Live Streaming

Untuk link live streaming PSIS Semarang vs Borneo FC, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-4-2): Jandia Eka Putra (kiper); Frendi Saputra, Wallace Costa, Rio Saputro, Safrudin Tahar (belakang); Finky Pasamba, Heru Setyawan, Jonathan Cantillana; Septian David Maulana (tengah); Hari Nur Yulianto, dan Bruno Silva (depan)

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandenyuwu (kiper); Nurdiansyah, Javlon Guseynov, Wildansyah, Makarius Suruan (belakang); Juan Alsina, Ulul Azmi, Renan Silva (tengah); Terens Puhiri, Muhammad Sihran, Lerby Eliandry (depan)

Pelatih: Mario Gomez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuanita Christiani Umumkan Kehamilan Dalam Nuansa Serba Putih

Posted: 25 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan sedang bersemi di hati Yuanita Christiani dan Indra Wiguna Tjipto. Keinginan mereka untuk memiliki momongan segera terwujud. Saat ini, Yuanita sedang mengandung bayi yang diidam-idamkannya.

Lewat YouTube, Yuanita mengumumkan kabar bahagia tersebut. Senyum semringah tampak menghiasi wajah Yuanita dan Indra. Mereka terlihat sangat mesra dalam video tersebut.

"Dari dulu aku memang pengen banget punya anak. Aku suka banget dengan anak-anak kecil. Tak terbersit sedikit pun niatan, setelah nikah itu menahan atau menunda," ungkap Yuanita.

Saat mengumumkan kabar kehamilannya itu, Yuanita terlihat anggun mengenakan gaun putih, termasuk sepatu yang dipakainya. Rambutnya yang panjang sengaja dicepol.

Wajah Yuanita terlihat segar dengan makeup sederhana. Bibirnya yang dipulas lipstik dengan warna merah tipis.

Sepasang anting dengan warna senada terlihat menempel di telinganya. Yuanita terlihat santai dengan kaki kanannya sengaja ditumpangkan ke paha kirinya sambil menceritakan kehamilannya.

"Setiap kali aku cek, melihat hasilnya negatif aku pasti menangis," tutur Yuanita Christiani yang mengungkapkan bahwa suaminya selalu menenangkannya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Serba Putih

Yuanita Christiani dan suami sengaja mengumumkan kehamilan mereka dengan nuansa serba putih (Dok.Instagram/@yuanitachrist/https://www.instagram.com/p/B3_5fjAgb0o/Komarudin)

Selain gaun, Yuanita juga sengaja mendesain ruangannya tempat ia mencerita kehamilannya serba putih. Termasuk sofa tempat ia dan suami duduk.

"Pada 21 Juli, aku ngecek lagi, sampai aku beli dua alat. Satu yang manual dan satunya yang sudah digital. Pas aku cek garisnya dua, tapi agak samar. Setelah itu, aku cek lagi dengan alat yang digital, hasilnya "yes". Setelah itu aku pelukan dan senang banget," ujar Yuanita.

Beberapa lilin putih yang sedang menyala terlihat di depan mereka. Sepanjang bercerita tentang kehamilannya, Yuanit dan Indra sangat mesra. Mereka saling bergenggaman tangan.

"Dengan kehadiran dia, jadi warna berbeda aja bagi keluarga kita dan bagi orang di sekitar kita," tandas Indra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Negara yang Disisihkan RI Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Posted: 25 Oct 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021. Sebelumnya Indonesia menyisihkan beberapa negara yang daftarakan diri sebagai tuan rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Bali United Puji Penampilan Fahmi Al Ayyubi

Posted: 25 Oct 2019 09:20 PM PDT

Denpasar - Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco, memuji penampilan apik Fahmi Al Ayyubi di Shopee Liga 1 2019. Pelatih asal Brasil itu takjub dengan adaptasi cepat yang dilakukan pemain berusia 23 tahun tersebut.

Fahmi Al Ayyubi bergabung dengan Bali United dari Persela Lamongan pada awal musim ini. Pemain berpostur 172 cm itu lebih sering tampil dari bangku cadangan. 

Dalam 17 laga yang sudah dimainkan, Fahmi hanya mencatatkan 513 menit bermain. Meski begitu, Fahmi selalu memberikan seluruh kemampuan terbaik jika dipercaya turun ke lapangan. Semangat tanpa kenal lelah itu yang membuat Teco takjub.

"Saya rasa Fahmi adalah pemain yang punya kualitas bagus di mana dia sudah main sejak awal beberapa kali dan kami mampu memenangi pertandingan. Dia juga pernah beberapa kali masuk dari bangku cadangan dan mampu mengubah permainan tim," kata Teco seperti dikutip situs resmi klub, Jumat (25/10/2019).

"Walaupun baru bergabung tahun ini, dia bisa beradaptasi dengan sangat cepat. Dia juga bisa bantu banyak hal positif untuk tim ini," tegas Teco.

Fahmi Al Ayyubi adalah sosok pelapis yang tepat buat Stefano Lilipaly di Bali United. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri buat Tim Serdadu Tridatu ketika ditinggal Lilipaly bergabung bersama Timnas Indonesia.

 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Dinanti Barito Putera

Skuat Bali United di Shopee Liga 1 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

Bali United akan menghadapi Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta, pada laga pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019, Minggu (27/10/2019). Laga ini diprediksi akan berlangsung ketat, karena kedua tim sedang dalam kepercayaan diri tinggi.

Bali United tercatat belum terkalahkan dalam laga kandang musim ini. Adapun Barito Putera bertekad meraih kemenangan perdana di kandang Bali United.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Rizki Hidayat, published 26/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret 6 Kelakuan Ayah Saat Gantikan Ibu Memasak Ini Kocak

Posted: 25 Oct 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasak identik dengan pekerjaan ibu rumah tangga. Sehingga banyak wanita yang dituntut agar bisa memasak. Wajar saja jika hal tersebut membuat wanita lebih sering berada di dapur dibandingkan dengan pria.

Namun ada beberapa momen, saat pria harus gantikan wanita untuk memasak di dapur. Karena tidak biasa memasak dan takut percikan minyak, maka banyak pria melakukan hal nyeleneh yang bikin geleng kepala saat memasak.

Seperti menguleg sambal dengan memakai palu hingga melindungi tangan dari percikan minyak dengan botol minuman. Hal-hal nyeleneh tersebut, semata-mata dilakukan para pria untuk menjaga keselamatan diri dari percikan minyak.

Penasaran kan selucu apa potret saat pria berada di dapur? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret bapak-bapak gantikan ibu memasak, Sabtu (26/10/2019).

1. Layaknya batu, cabai diuleg dengan memakai palu.

Potret 6 Kelakuan Ayah Saat Gantikan Ibu Memasak Ini Kocak (sumber: Twitter.com/kegeblegan)

2. Agar terhindar dari percikan minyak, tangan pria ini dilapisi botol minuman.

Potret 6 Kelakuan Ayah Saat Gantikan Ibu Memasak Ini Kocak (sumber: Instagram.com/vid.receh)

3. Saat mengupas bawang harus menggunakan helm agar tidak berkaca-kaca.

Potret 6 Kelakuan Ayah Saat Gantikan Ibu Memasak Ini Kocak (sumber: Brilio.net)

4. Bahkan sampai mengenakan jas hujan agar proses memasak lancar.

Potret 6 Kelakuan Ayah Saat Gantikan Ibu Memasak Ini Kocak (sumber: Instagram.com/receh.id)

5. Sudah memakai helm, saat mengangkat makanan pun masih menggunakan plastik agar aman.

Potret 6 Kelakuan Ayah Saat Gantikan Ibu Memasak Ini Kocak (sumber: Instagram.com/rivaldyseptian)

6. Seluruh tubuh tertutup oleh plastik. Masih bisa nafas enggak tuh?

Potret 6 Kelakuan Ayah Saat Gantikan Ibu Memasak Ini Kocak (sumber: Facebook Prestigeholics)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Dekranasda Jabar Mengenalkan dan Memperluas Pasar Produk Kerajinan

Posted: 25 Oct 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama dengan IKEA guna mempromosikan produk kerajinan Tanah Pasundan ke pasar nasional maupun internasional.

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Ridwan Kamil dan Perwakilan IKEA Hadrianus Wahyu Trikusumo pun telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam acara Pekan Kerajinan Jabar (PKJB) 2019 di jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (25/10/19).

Menurut Atalia, kerja sama tersebut penting dilakukan untuk memperluas pasar produk kerajinan Jabar. Apalagi, kata dia, pemasaran maupun promosi masih menjadi salah satu persoalan krusial para perajin Jabar.

"MoU terkait dengan pemasaran. Tentu saja, (pemasaran) menjadi satu hal yang paling sulit bagi pelaku usaha. SDM punya, modal punya, perizinan pun, tapi produk tidak terjual," kata Atalia.

"Jadi, yang kami lakukan adalah membuka kerja sama dengan semua pihak, termasuk IKEA. Kerja sama ini bisa memperluas dan membuka kerja sama para perajin dengan pihak lain," imbuhnya.

Atalia pun optimistis kerja sama dengan IKEA dapat mendongkrak penjualan maupun pamor produk kerajinan Jabar. Maka itu, dia berharap produk kerajinan Jabar dapat menembus pasar internasional.

"Kami tidak hanya ingin menyasar pasar nasional, tapi juga internasional. Kita tahu, IKEA itu ada tokonya (di Jabar). Mudah-mudahan produk kita bisa masuk. Mudah-mudahan produk kita itu bisa langsung ke wilayah internasional," ucap Atalia.

Sementara itu, Hadrianus menyatakan bahwa produk kerajinan Jabar memiliki keunikan. Keunikan itulah yang menurut Hadrianus dapat menjadi daya tarik.

"Setiap daerah di Indonesia punya keunikan, termasuk Jabar yang punya spesialisasinya sendiri. Itu cukup menarik untuk bisa dinikmati, bukan oleh cuma orang Jabar, tapi orang asing dan daerah lain yang datang (ke toko IKEA)," ucapnya.

Dengan kerja sama tersebut, Hadrianus berharap IKEA dan perajin asal Jabar dapat tumbuh dan maju bersama. Terlebih, IKEA akan membangun toko baru di Kabupaten Bandung Barat.

"Tentunya harapan kita karena di setiap toko IKEA berdiri kita selalu menjalin kerja sama dengan Pemerintah setempat. Harapannya, kita bisa tumbuh bersama, berkembang bersama, maju bersama," kata Hadrianus mengakhiri.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita yang Ditangkap di Kamar Hotel Kota Batu Diduga Jebolan Kontes Pariwisata

Posted: 25 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menetapkan tiga orang yang ditangkap di Kota Batu, Jawa Timur pada Jumat (25/10/2019) malam sebagai tersangka kasus prostitusi. Ketiganya ditangkap dalam operasi penggerebekan di sebuah hotel di Kota Batu.

"Benar (sudah jadi tersangka)," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (25/10/2019).

Selain itu, dia juga membenarkan kabar bahwa wanita yang ditangkap di dalam kamar hotel itu merupakan seorang figur publik dan bukan warga Jawa Timur. Yang bersangkutan diketahui tinggal di Jakarta.

"Tinggalnya memang di Jakarta," jelas Barung.

Informasi yang beredar menyebutkan, wanita tersebut berinisial PAZ dan pernah mengikuti ajang kontes pariwisata tahun 2016.

 

Ditangkap Sedang Bersetubuh

Sebelumnya, polisi kembali membongkar prostitusi online yang kembali melibatkan seorang figur publik. Dari penggerebekan ini, polisi menangkap tiga orang yang diduga terlibat tindak pidana prostitusi.

Penggerebekan ini dibenarkan Kanit V Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKP M Aldy Sulaiman. Dia menyatakan, polisi telah melakukan penangkapan terhadap tiga orang dalam kasus dugaan tindak pidana prostitusi dari sebuah kamar hotel di kawasan Kota Batu.

Dua orang digerebek saat melakukan persetubuhan di dalam kamar sebuah hotel, dan seorang lagi ditangkap sebagai pihak yang diduga sebagai muncikari.

"Ada tiga orang yang kita amankan. Dua di dalam kamar sedang melakukan hubungan badan. Dan satu lagi kita tangkap sebagai pihak yang menawarkan (muncikari)," ungkapnya, Jumat (25/10/2019) malam.

Rombongan polisi yang melakukan penangkapan ini tiba di Mapolda Jatim sekitar pukul 23.00 WIB. Hingga tengah malam polisi masih melakukan proses pemeriksaan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerap Pakai Ponsel dalam Gelap, Pria Tiongkok Buta

Posted: 25 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di Tiongkok mengalami kebutaan sementara akibat kebiasaan menatap layar perangkat elektronik dalam kegelapan. Hal itu terjadi ketika dirinya sedang bermain gim di ponsel.

South China Morning Post melaporkan, pria yang hanya disebut Wang itu mengatakan bahwa dirinya kehilangan pandangan saat bermain gim dengan ponselnya, tanpa cahaya lampu.

"Saya memakai mata kanan untuk melihat ponsel saya dan saya bisa melihat beberapa kata-kata tapi tidak yang lain," kata pria asal provinsi Shaanxi itu seperti dilansir dari New York Post pada Sabtu (26/10/2019).

Ketika dibawa ke fasilitas kesehatan, dokter mendiagnosisnya dengan oklusi arteri retina sentral atau dikenal sebagai 'stroke mata.' kondisi ini disebabkan adanya penyumbatan arteri yang membawa oksigen ke retina.

Kejadian Langka

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Dokter mengatakan bahwa gumpalan tersebut bisa menyebabkan kehilangan penglihatan parah jika tidak segera mendapatkan penanganan. Walau begitu, catatan medis tidak mengungkapkan apakah kebutaan itu hanya terjadi di satu atau kedua matanya.

Lei Tao, dokter yang menangani Wang mengaitkan kejadian itu dengan penggunaan berlebihan perangkat elektronik yang menyebabkan ketegangan berlebih pada mata. Diketahui, pria itu sering membuat sang istri kesal karena kebiasaannya bermain ponsel di tempat tidur.

Namun, untuk menyatakan apakah strok mata bisa terjadi akibat dari penggunaan gawai secara berlebihan, haruslah diteliti lebih lanjut.

"Untuk membuat klaim stroke mata, harus ada dokumentasi," kata dokter Gareth Lema, ahli bedah retina di Mount Sinai, New York, Amerika Serikat.

Lema mengatakan bahwa strok mata hanya terjadi sekitar satu persen dari populasi pada umumnya serta mempengaruhi lansia yang menderita plak arteri karotis atau penyakit katup jantung.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

800 Kampung di Papua Barat dalam Bayang-Bayang Longsor dan Banjir

Posted: 25 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manokwari - Sebanyak 800 kampung serta kelurahan di Provinsi Papua Barat menyimpan potensi rawan longsor. Kepala BPBD Papua Barat, Derek Ampnir mengutarakan, pihaknya sudah memiliki catatan berisi data potensi bencana longsor dan banjir tersebar di seluruh kabupaten kota provinsi tersebut.

"Katalog kami lengkap dari lokasi, titik koordinat hingga tingkat kerentananya. Untuk longsor, potensi terbesar berada di Kabupaten Pegunungan Arfak. Sedangkan banjir berada di Teluk Wondama disusul Manokwari, Sorong, Teluk Bintuni dan beberapa daerah lainya," kata Ampnir seperti dikutip Antara, Jumat (25/10/2019).

Ia minta seluruh kepala daerah di 13 kabupaten/kota di Papua Barat segera menetapkan status siaga bencana. Ini berlaku sejak saat ini hingga Maret 2020.

"BMKG sudah mengeluarkan pemberitahuan terkait cuaca. Maka BPBD di seluruh daerah harus segera bergerak, berkoordinasi dengan bupati/ wali kota untuk menetapkan status siaga bencana sepanjang musim hujan," katanya.

Kepada masyarakat ia pun mengimbau agar waspada terhadap perubahan cuaca serta potensi adanya banjir dan longsor.

"Jaga kebersihan, jangan buang sampah di selokan itu bisa menjadi pemicu banjir. Selokan bukan tempat pembuangan sampah," ujarnya.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah bantaran sungai, ia mengimbau agar, sadar dan bisa membaca tanda-tanda alam. Selanjutnya mempersiapkan diri agar bisa melakukan evakuasi secara mandiri saat bencana datang.

"Kami tentu akan hadir, tapi langkah pertama penyelamatan saat bencana terjadi itukan tentu dari masyarakat sendiri," ujarnya lagi.

Begitu pula masyarakat yang berada di daerah potensi longsor, diimbau agar terus waspada terutama saat hujan lebat terjadi.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Para Istri Menteri Kabinet Indonesia Maju yang Curi Perhatian

Posted: 25 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama-nama menteri baru di Kabinet Indonesia Maju hingga kini masih menjadi sorotan publik. Banyak masyarakat yang berharap bahwa menteri-menteri baru yang ditunjuk Presiden Jokowi akan membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

Ada banyak hal dari para menteri tersebut yang menarik perhatian publik. Salah satunya para istri mereka yang mendampingi saat pelantikan. Sosok cantik memesona para istri menteri seperti Gista Putri pun tidak luput dari perhatian publik. Namun selain Gista Putri, ada beberapa istri menteri lainnya yang tidak kalah mencuri perhatian publik. 

Artikel tentang kenalkan empat istri Menteri Kabinet Indonesia Maju yang cantik memesona menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang chat lucu driver ojek online diminta menunggu oleh penumpang. Sementara artikel ketiga terpopuler tentang fakta menarik Angela Tanoesudibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kenalkan 4 Istri Menteri Kabinet Indonesia Maju yang Cantik Memesona

Wishnutama dan Gista Putri (Sumber: Merdeka.com)

Ada banyak hal dari para menteri tersebut yang menarik perhatian publik. Salah satunya para istri mereka yang mendampingi saat pelantikan. Rupanya selain Gista Putri, masih ada beberapa istri menteri yang tak kalah cantik dan anggun. Penasaran siapa saja? Berikut potretnya.

Selengkapnya...

2, 8 Chat Lucu Driver Ojek Online Diminta Menunggu oleh Penumpang

Doc: Facebook

Kehadiran ojek online sangat membantu masyarakat. Tak hanya membuka lapangan kerja, ojek online juga memudahkan warga dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena itu, komunikasi yang lancar antara si pengemudi dengan penumpangnya amat dibutuhkan.

Selengkapnya...

3, 4 Fakta Menarik Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Angela Tanoesoedibjo di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (25/10/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Angela Tanoesoedibjo resmi ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Putri sulung Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo ini diminta secara langsung oleh Presiden Jokowi untuk mengembangkan 10 destinasi wisata baru di Indonesia.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Leicester City Tembus Dua Besar

Posted: 25 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Pekan 10 Liga Inggris baru memainkan satu pertandingan pada Sabtu (26/10/2019) dini hari WIB. Leicester City berhasil merangsek ke posisi dua klasemen sementara.

Leicester naik ke urutan dua setelah menang telak 9-0 saat dijamu Southampton di St Mary Stadium. Pada laga Pada laga ini, Southampton harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 12. setelah Ryan Bertrand mendapat kartu merah .

Dua penyerang Leicester, Ayoze Perez dan Jamie Vardy sama-sama mencetak hat-trick d laga ini. Tiga gol lainnya dihasilkan Youri Tielemans, Ben Chillwell dan James Maddison.

Kemenangan telak ini membuat pasukan Brandan Rodgers ini mengoleksi 20 poin. Leicester City pun berhak naik ke urutan dua klasemen Liga Inggris.

Leicester unggul satu poin dari Manchester City yang belum berlaga di pekan 10 ini. Adapun puncak klasemen Liga Inggris ditempati Liverpool dengaan koleksi 25 angka.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Klasemen Liga Inggris

Selebrasi Pemain Leicester City Ayoze Perez (AP)
 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susunan Menteri Kabinet Indonesia Maju Kejutkan Analis Ekonomi

Posted: 25 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah melantik resmi menteri dan wakil menteri (wamen) untuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Kepala Riset Buana Capital Suria Dharma menilai, susunan menteri dan wamen di kabinet Jokowi Jilid II cukup mengejutkan, seperti salah satunya masuknya mantan CEO Gojek Nadiem Makarim sebagai Mendikbud.

"Kabinetnya sih cukup baik, banyak terobosan yang cukup revolusioner dalam pemilihan beberapa orang-orangnya," ungkapnya kepada Liputan6.com, Sabtu (26/10/2019).

Selain itu, ada juga sosok Angela Tanoesoedibjo, putri Hary Tanoesodibjo sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) yang masuk di daftar menteri Kabinet Indonesia Maju.

 

Kendati demikian, masuknya Angela sebagai figur pengusaha dinilai tak akan mempengaruhi pasar di bursa saham.

"Nggak ngaruh karena kan posisinya Wamenparekraf. Mungkin tantanganya karena terlalu muda bagaimana dia bisa menghadapi birokrat," paparnya.

Hal senada ikut diutarakan oleh Ekonom Centre of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah.

Menurutnya, tantangan bagi Angela atau pengusaha yang masuk ke pemerintahan ialah mempermudah akses birokrasi yang selama ini masih berbelit-belit.

"Diharapkan tidak menambah atau memperbanyak jalur birokrasi. Semoga adanya wamen justru bisa mempercepat keluarnya kebijakan kementerian atau kalau di bumn bisa membantu mempercepat aksi korporasi BUMN," pungkas dia.

Di Sidang Kabinet Perdana, Jokowi Minta Menteri Paham Prioritas Pemerintah

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Rapat kabinet paripurna perdana tersebut  mendengarkan arahan Presiden dan membahas anggaran pendapatan dan  belanja negara tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa prioritas pemerintahan lima tahun ke depan adalah penciptaan lapangan pekerjaan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (24/10/2019).

"Goal besar pekerjaan kita adalah penciptaan lapangan kerja. Karena ini yang dibutuhkan, dan diinginkan oleh masyarakat," kata Jokowi.

Dia ingin tak ada lagi kementerian dan kepala lembaga yang tidak mengerti soal prioritas pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja.

Pemerintah pusat ataupun daerah untuk memberikan ruang kepada investor yang ingin membuka lapangan pekerjaan.

"Jadi setiap hal yang berkaitan dengan cipta lapangan kerja berikan ruang yang sebaik-baiknya. berikan pelayanan yang sabaik-baiknya," jelas dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali mengingatkan agar aturan yang berberlit-belit segera dipangkas.

Mulai dari dari UU, peraturan presiden, peraturan gubernur, hingga peraturan daerah. Hal ini menyebabkan aturan-aturan menjadi tumpang tindih.

Jokowi pun meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk menertibkan hal ini. Dalam waktu dua minggu ke depan, Jokowi akan menggelar rapat terbatas khusus dengan para menteri membahas aturan-aturan yang tumpang tindih.

"Hal-hal yang menghambat ingin kita hapuskan sehingga kita bekerja cepat," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Profil Sakti Wahyu Trenggono Bikin Penasaran

Posted: 25 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sakti Wahyu Trenggono baru saja dilantik sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), membantu Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Profil pria yang akrab disapa MasTreng ini pun bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (25/10/2019) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari Samsung yang baru saja memperbarui software untuk mengatasai masalah pada fitur sidik jari.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Profil Sakti Wahyu Trenggono, Raja Menara BTS yang Kini Jadi Wamenhan

Sakti Wahyu Trenggono baru saja dilantik sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), membantu Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Jumat (25/10/2019) di Istana Negara, Jakarta.

Sebelum bergabung ke Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, Sakti Wahyu Trenggono dikenal sebagai taipan bisnis telekomunikasi yang memulai dari nol. Ia merupakan pendiri PT Teknologi Riset Global (TRG) Investama pada 2007.

Tak hanya di bidang telekomunikasi, pria jebolan ITB dan Universitas Binus ini juga memiliki perusahaan di bidang teknologi, properti, media, dan e-commerce.

Baca selengkapnya di sini

2. Raja Menara BTS Sakti Wahyu Trenggono Jadi Wamenhan, Ini Kata Pengamat

Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) membantu Prabowo Subianto oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usai dipanggil Jokowi di Istana, Jumat (25/10/2019), pria yang akrab disapa MasTreng ini mengaku diminta Jokowi untuk mendukung visinya lima tahun ke depan.

"Saya berdiskusi dengan pak Presiden, dan beliau minta saya sebagai Wamenhan. Saya diminta untuk mengembangkan sektor industri pertahanan menjadi lebih baik," kata pria yang dikenal sebagai raja menara BTS Nusantara tersebut kepada awak media di Istana Negara.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Samsung Perbarui Software Atasi Masalah Fitur Sidik Jari

Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Samsung merilis pembaruan software untuk mengatasi masalah fitur pengenalan sidik jari pada Galaxy S10 dan Note 10. Perusahaan pun menyampaikan permintaaan maaf kepada para konsumen.

Dikutip dari Reuters, Jumat (25/10/2019), Samsung menyampaikan permintaan maaf melalui aplikasi dukungan konsumen miliknya, Samsung Members. Perusahaan pun menginformasikan agar para pemilik ponsel Galaxy memperbarui otentikasi biometrik mereka ke versi software terbaru.

Sebelumnya, seorang pengguna mengatakan kepada surat kabar The Sun, bug pada Galaxy S10 membuat kunci perangkat bisa terbuka tanpa sidik jari yang tidak terdaftar pada perangkat tersebut.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dana Rp 11,56 Triliun untuk Pendidikan dan Kesehatan Warga Jatim

Posted: 25 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengalokasikan 35 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 untuk sektor pendidikan dan kesehatan. Tujuannya mendongkrak kualitas sumber daya manusia (SDM) dan daya saing Jawa Timur.

Dalam R-APBD Provinsi Jatim 2020, sektor pendidikan mendapat kucuran anggaran Rp7,18 triliun dan sektor kesehatan Rp 4,38 Triliun. Sedangkan total R-APBD Rp33,7 triliun. Selain itu, pemprov juga mengalokasikan anggaran Rp 25 miliar untuk 20 SMK dengan harapan mampu melaksanakan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) yang diarahkan untuk pelaksanaan program "Jatim Cerdas".

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengharapkan dengan jumlah anggaran tersebut, tak ada lagi anak usia sekolah yang tidak mendapat mengakses pendidikan.

"Prioritas utamanya untuk Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) di SMA, SMK dan PK-PLK. Lalu untuk peningkatan kesejahteraan sekaligus kompetensi guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap, serta peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan," ucapnya usai menyampaikan Nota Keuangan Rencana APBD Jatim Tahun Anggaran 2020 di sidang paripurna DPRD provinsi setempat di Surabaya, Jumat dilansir Antara.

Di sektor kesehatan, lanjut dia, anggaran Rp4,38 triliun dialokasikan untuk menyukseskan program "Jatim Sehat", yakni program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), penyediaan pelayanan kesehatan gratis dan berkualitas.

Anggaran juga dialokasikan untuk pelaksanaan program desa sehat, pelayanan kesehatan bergerak di kepulauan, serta kunjungan dokter spesialis atau dokter residence senior ke daerah kepulauan dan koridor Madura, UPT dan rumah sakit khusus Rp571 miliar.

Pemprov juga memberikan alokasi untuk RSUD Dr Soetomo Rp1,568 triliun, untuk RSU Dr Saiful Anwar Malang Rp934 miliar, serta sejumlah rumah sakit lainnya milik pemprov.

Untuk mengatasi pengangguran, Pemprov Jawa Timur juga mengalokasikan Rp334 miliar untuk pembinaan kompetensi pelatihan melalui pelatihan kerja dan bursa kerja, serta penempatan dan perluasan kesempatan kerja atau millenial job centre.

Terkait dengan pengembangan infrastruktur, Pemprov Jatim akan menitikberatkan pada perluasan akses dan pengembangan wilayah, di antaranya penanganan kekeringan, pengendalian banjir, pemantapan kapasitas jalan provinsi, pelayanan warga kepulauan, penguatan logistik maritim, serta langkah komplementer dengan program pusat dalam membangun akses kelistrikan.

"Insyaallah seluruh program yang telah direncanakan bisa berjalan baik sehingga masyarakat merasakan betul peran dan kehadiran pemerintah di berbagai lini kehidupan," kata mantan Menteri Sosial tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Food Lore, Konflik Keluarga yang Terhubung Lewat Makanan

Posted: 25 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alexandra Gottardo kembali berperan dalam drama antologi HBO Asia Original terbaru, Food Lore. Dalam serial ini, Alexandra berperan sebagai Maria. 

Serial ini bercerita tentang relationship manusia satu dan lainnya yang terhubung lewat makanan terkenal di Asia. Saat pertama kali membaca skripnya, Alexandra Gottardo langsung tertarik berperan dalam serial ini.

"Ambil proyek ini pasti pertama karena jalan ceritanya yang bagus. Pas baca skrip juga tahu kalau ada twist yang edan banget, gila banget," kata Alexandra Gottardo dalam screening Food Lore di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Maria sendiri diceritakan sebagai sosok misterius di sebuah desa terpencil di Indonesia. Ia lalu membuka warung makan dan membuat para pria terpesona oleh masakan serta keseksiannya. 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

Digagas Sineas Singapura

Para pemain Food Lore (Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com)

Pembuatan serial Food Lore sendiri digagas oleh sineas asal Singapura, Eric Khoo. Serial ini memiliki delapan episode dengan lokasi syuting terpisah di delapan negara. 

 

8 Negara

Negara tersebut adalah India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam. Di Indonesia sendiri, Food Lore digarap oleh Billy Christian dengan judul Food Lore: Maria's Secret Recipe.

 

Penayangan

Alexandra Gottardo (Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com)

Food Lore: Maria's Secret Recipe hadir pada episode ketiga yang akan tayang pada Minggu, 17 November 2019 pukul 21.00 WIB di HBO GO dan HBO.

 

Pemeran

Selain Alexandra Gottardo, Food Lore: Maria's Secret Recipe juga dibintangi oleh Putri Ayudya dan Dian Sidik. Keduanya berperan sebagai pasangan suami istri yang berkonflik. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Kebudayaan dan Industri Kreatif di Tanah Pasundan Lewat PKJB 2019

Posted: 25 Oct 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum resmi membuka West Java Crafhastival-Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2019 dengan tema 'Kebanggaan Jawa Barat' di jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Jumat (25/10/19).

Menurut Wagub Uu, PKJB 2019 menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif se-Jabar untuk menampilkan dan mempromosikan produk mereka, mulai dari fesyen sampai kuliner.

"PKJB 2019 salah satu upaya untuk mengembangkan potensi produk unggulan Jawa Barat melalui ajang promosi dan pameran yang pada akhirnya dapat memperkenalkan produk-produk unggulan pelaku usaha," kata Uu.

Kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar melalui Dinas Perdagangan Provinsi Jabar dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jabar itu bertujuan memperluas dan meningkatkan promosi potensi kerajinan serta membuka akses pasar yang lebih luas bagi kerajinan Jabar.

"Kerajinan di Jawa Barat beragam, setiap daerahnya punya keunikan tersendiri. Potensi itu perlu didorong peran Pemerintah," ucap Uu.

PKJB 2019 sendiri berlangsung pada 25-27 Oktober 2019. Terdapat 24 stand kabupaten/kota, 11 stand UKM pendukung, 25 stand kuliner, dan 10 stand week and market dalam gelaran tersebut.

Ketua Dekranasda Provinsi Jabar Atalia Ridwan Kamil mengatakan, selain pameran produk unggulan, akan ada karnaval yang melibatkan 27 kabupaten/kota se-Jabar, fashion show, dan workshop.

"27 kabupaten/kota sudah bergabung, alhamdulillah, mereka akan memamerkan karya terbaik, termasuk ada helaran dari wilayah-wilayah kabupaten/kota akan menghadirkan karya lain dalam karnaval," katanya.

Atalia pun berharap PKJB 2019 dapat menjadi ruang bagi masyarakat untuk lebih mengenal kerajinan dan budaya Tanah Pasundan. Maka itu, PKJB 2019 berlangsung di ruang terbuka agar semua lapisan masyarakat dapat mengunjungi semua stand yang ada.

"Paling penting adalah siar yang disampaikan. Dalam momen-momen seperti ini tersampaikan kepada masyarakat. Bagaimana mereka mencintai kekayaan budaya nusantara terutama bidang seni. Lalu, bagaimana networking terjaga dan terbuka luas," ucap Atalia.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kencani Model Serbia, Bintang Real Madrid Tega Tinggalkan Kekasih dan Anaknya?

Posted: 25 Oct 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Bintang Real Madrid, Luka Jovic, dikabarkan telah meninggalkan Andjela Manitasevic, WAGs sekaligus ibu dari anaknya yang baru berusia tujuh bulan. Jovic dilaporkan mulai berkencan dengan model asal Serbia.

Striker Real Madrid berusia 21 tahun ini, disebut-sebut terlihat bersama model Sofija Milosevic, 29, di Madrid. Jovic baru bergabung dengan Real Madrid pada Juni lalu.

Namun, Jovic membantah soal hubungannya dengan model itu. Tapi, sumber-sumber anonim di media Balkan mengklaim Milosevic saat ini sudah tinggal bersama Jovic di Madrid dan telah ada di sana untuk beberapa waktu.

Media lokal melaporkan keduanya terlihat menghabiskan waktu bersama di sebuah pusat perbelanjaan di ibukota Spanyol. Mereka kemudian terlihat bersama di sebuah kafe.

Sumber-sumber lainnya menyebut bahwa model itu mengejar-ngejar penyerang Real Madrid itu, sejak dia mendengar soal nilai transfernya ke Bernabeu senilai 56 juta pounds.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Teman Kencan Pemain MU

Sebelumnya, Milosevic juga dilaporkan sempat berkencan dengan mantan pemain Manchester United Adem Ljajic, yang tidak pernah bermain untuk tim utama.

Dia juga dikaitkan dengan mantan pemain belakang Portsmouth Dusko Tosic dan bintang Kroasia Ante Rebic.

Dipinjamkan

Pemain baru Real Madrid, Luka Jovic menunjukkan logo klub barunya di lapangan Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol (12/6/2019). Luka Jovic menjadi rekrutan kedua Real Madrid pada bursa transfer musim panas ini. (AP Photo/Manu Fernandez)

Jovic saat ini tengah berjuang untuk masuk ke starting Zinedine Zidane sejak pindah dari Eintracht Frankfurt. Ia baru tampil di tiga laga awal dan gagal mencetak gol dalam sembilan penampilannya di semua kompetisi.

Bahkan, buruknya penampilan pemain berusia 21 tahun itu, sempat mendorong bos Los Blancos, Zidane, akan mengirimnya ke klub lain dengan status pinjaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Geleng-Geleng, Restoran Ini Sajikan Air Minum Daur Ulang Limbah Toilet

Posted: 25 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah restoran di Belgia diketahui menyajikan air minum yang cukup unik. Restoran Gust'eaux mengungkapkan bahwa mereka mulai menyajikan air minum gratis hasil daur ulang wastafel dan toilet, seperti yang Liputan6.com lansir dari Oddity Central, Sabtu (26/10/2019).

Gust'eaux di Kuurne mengklaim air yang disajikan tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, sehingga sulit bagi pelanggan mengetahui sumber air mineral yang disajikan. Dengan menggunakan sistem pemurnian lima langkah yang kompleks, Gust'eaux mampu mengubah limbahnya menjadi air.

Walaupun dari limbah toilet, air minum daur ulang ini begitu murni dan tetap diperkaya dengan mineral sebelum disajikan kepada pengunjung. Restoran Belgia itu tidak terhubung ke sistem saluran pembuangan kota. Hal ini lah yang mendorong mereka untuk menciptakan air minum daur ulang tersebut.

Pemurnian Air Toilet

Ilustrasi Foto Air Seni atau Urine (iStockphoto)

Berkat sistem daur ulang air yang unik ini, toilet dan air wastafel dari restoran bisa dimanfaatkan kembali. Cara pemurnian air limbah ini cukup simple, dengan pupuk tanaman, kemudian sebagian dicampur dengan air hujan yang dikumpulkan dan digunakan untuk menyiram toilet.

Sementara sisanya dilewatkan melalui serangkaian pemurnian proses yang membuatnya tidak bisa dibedakan dari air limbah. Seorang atasan dari restoran tersebut juga turut memberi tanggapan atas air yang daur ulang yang dikelola.

"Air yang hasilnya terlalu murni untuk bisa diminum, jadi kami menambahkan mineral untuk membuatnya lebih sehat," kata seorang perwakilan dari Gust'eaux.

Restoran ini menawarkan air toilet daur ulang untuk pelanggan dalam berbagai bentuk, seperti air minum gratis, es batu atau kopi.

Kabarnya juga digunakan untuk menyeduh bir. Sistem pemurnian air yang sama digunakan untuk menyediakan air minum bagi masyarakat yang terisolasi, tetapi itu belum pernah terjadi sebelumnya di Eropa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Hadiri Pembukaan Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila

Posted: 25 Oct 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri pembukaan Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila di Lagoon Garden, Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2019) pagi.

Pantauan merdeka.com, Jokowi yang dijadwalkan hadir pada pukul 10.00 WIB, terlihat sudah hadir pukul 09.51 WIB.

Acara juga dihadiri Ketua Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno beserta Wakil Ketua Pemuda Pancasila yang juga Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Selain itu, terlihat pula Bendahara Partai Golkar Robert J Kardinal, politikus Golkar Mahyudin serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali. Hadir juga Ketua DPD La Nyalla Mattaliti dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh serta Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu mars Pemuda Pancasila.

Ketua Panitia Musyawarah Besar Pemuda Pancasila Bamsoet mengaku bersyukur Jokowi bisa hadir dalam acara itu. Padahal, kata dia, Jokowi ada kegiatan kunjungan kerja ke Papua pada hari yang sama.

"Dapat berada di tengah-tengah keluarga Pemuda Pancasila sesungguhnya Beliau akan berangkat ke Papua, tapi karena Pemuda Pancasila Beliau tunda sore," ucap Bamsoet.

Reporter: Sania Mashabi/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Atlet China Didiskualifikasi Karena Curang di Olimpiade Militer

Posted: 25 Oct 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Sebuah tim kejuaraan China telah dikeluarkan dari ajang Military World Games yang diadakan di negaranya sendiri. Hal itu terjadi setelah peserta dari negara-negara lain meminta hakim untuk memeriksa dugaan kecurangan yang dilakukan sang tuan rumah.

Dilansir dari CNN, Sabtu (26/10/2019), awalnya para atlet China telah menempati posisi pertama, kedua dan keempat dalam kompetisi orienteering jarak menengah wanita, serta tempat kedua kategori pria, selama perlombaan pada hari Minggu, menurut pernyataan dari International Orienteering Federation (IOF).

Orienteering adalah sekelompok olahraga yang memerlukan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk bernavigasi dari titik ke titik di medan yang beragam -- biasanya tidak dikenal saat bergerak dengan kecepatan.

Tetapi setelah pengaduan dilakukan oleh enam negara Eropa, termasuk Rusia dan Prancis, hakim menemukan bahwa pelari Tiongkok telah dibantu oleh penonton lokal.

Kecurangan dilakukan oleh penonton dengan memberi tanda dan menyiapkan jalur khusus di medan atlet China, yang hanya diketahui oleh peserta lainnya.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Masalah Serius

Ilustrasi Orienteering. (Source: thestar.com.my)

Karena kejadian tersebut, IOF memutuskan bahwa tim Tiongkok dilarang mengikuti kompetisi orienteering jarak jauh.

"IOF menanggapi kecurangan yang dilakukan tim China dengan sangat serius," ujar Tom Hollowell, Sekretaris Jenderal IOF. Ia turut menambahkan bahwa organisasi itu sedang menyelidiki apakah ada tindakan lebih lanjut yang perlu diambil untuk menjamin keadilan persaingan di Piala Dunia yang rencananya diadakan di Guangzhou, China mulai 25 Oktober.

"Seperti Olimpiade, Military World Games diadakan setiap empat tahun. Kompetisi perdana diadakan di Roma pada tahun 1995 dan ini adalah pertama kalinya China menjadi tuan rumah acara, yang akan berlanjut hingga 30 Oktober nanti," tambah Hollowell.

Lebih dari 9.000 atlet dari 109 negara diperkirakan akan ambil bagian dalam pertandingan Wuhan, menurut penyelenggara setempat.

Adapun kompetisi yang ditandingkan adalah berenang, terjun payung, orienteering dan gulat. Sejauh ini, China masih memimpin dalam jumlah medali, dengan dua kali lebih banyak meraih medali emas dari pesaing terdekatnya, Rusia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Leicester City Bantai Southampton 9-0

Posted: 25 Oct 2019 08:40 PM PDT

Pemain Leicester City Jamie Vardy melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). Leicester City membantai Southampton 9-0. (AP Photo/Alastair Grant)

Pemain Leicester City Jamie Vardy melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). Leicester City membantai Southampton 9-0. (AP Photo/Alastair Grant)

Pemain Leicester City Jamie Vardy melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). Leicester City membantai Southampton 9-0. (AP Photo/Alastair Grant)

Pemain Leicester City Jamie Vardy melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). Leicester City membantai Southampton 9-0. (AP Photo/Alastair Grant)

Pemain Leicester City Ayoze Perez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). Leicester City membantai Southampton 9-0. (AP Photo/Alastair Grant)

Pemain Leicester City Ayoze Perez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). Leicester City membantai Southampton 9-0. (AP Photo/Alastair Grant)

Papan skor menunjukkan kemenangan 9-0 untuk Leicester City saat menghadapi Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). (AP Photo/Alastair Grant)

Papan skor menunjukkan kemenangan 9-0 untuk Leicester City saat menghadapi Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). (AP Photo/Alastair Grant)

Para pemain Leicester City merayakan kemenangan atas Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). Leicester City membantai Southampton 9-0. (AP Photo/Alastair Grant)

Para pemain Leicester City merayakan kemenangan atas Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St Mary, Southampton, Inggris, Jumat (25/10/2019). Leicester City membantai Southampton 9-0. (AP Photo/Alastair Grant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Incar Gelandang Lazio?

Posted: 25 Oct 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, London - Chelsea kabarnya ingin memperkuat lini tengahnya. Demi rencana ini, The Blues dirumorkan tengah mengincar gelandang Lazio, Sergej Milinkovic-Savic.

Musim ini, Chelsea menunjukkan performa yang apik di bawah kepemimpinan Frank Lampard. Legenda Chelsea itu berhasil membuat tim asal London Barat tersebut meraih sejumlah hasil positif di ajang Premier League dan Liga Champions.

Namun Lampard sendiri dikabarkan masih belum puas dengan kualitas timnya. Ia menilai ada beberapa aspek yang bisa dikembangkan salah satunya adalah performa lini tengah mereka.

Dilansir Tuttomercatoweb, Chelsea ingin mendatangkan gelandang baru ke London Barat. Mereka disebut ingin merekrut Sergej Milinkovic-Savic dari Lazio.

Menurut laporan tersebut, Frank Lampard cukup tertarik untuk membawa Milinkovic-Savic ke Stamford Bridge.

Sang gelandang memang selama tiga musim terakhir memiliki reputasi yang bagus di Italia. Ia selalu menjadi sosok andalan di lini tengah Lazio.

Lampard merasa sang gelandang bakal cocok dalam skema permainannya sehingga ia tertarik memboyong pemain 24 tahun tersebut.

 

Mulai Amati

6. Sergej Milinkovic-Savic (Lazio) -  Lazio sendiri mematok harga sekitar 100 juta Euro untuk gelandang ini. Namun rumor yang beredar mengungkapkan bahwa Manchester United bersedia membayar 75 juta euro untuk Sergej Milinkovic-Savic. (Photo by Marco Bertorello / AFP)

Laporan itu juga membeberkan bahwa Chelsea sudah mulai bergerak untuk mengakuisis Milinkovic-Savic.

Dini hari tadi, salah satu pemandu bakat Chelsea terlihat ada di Glasgow. Ia menonton pertandingan antara Glasgow Celtic melawan Lazio di ajang Liga Europa.

Sang pemandu bakat diyakini berada di sana untuk mengamati Milinkovic-Savic sehingga ada niatan yang serius dari Chelsea untuk merekrut sang gelandang.

Lazio sendiri diberitakan tidak keberatan untuk menjual Sergej Milinkovic-Savid ke klub manapun.

Namun mereka hanya mau melepaskannya di angka 100 juta Euro saja, tidak kurang.

Sumber asli: Tuttomercatoweb

Disadur dari Bola.net (Penulis Serafin Unus Pasi, Published 25/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Gerebek Arena Judi Kartu Domino di Jember

Posted: 25 Oct 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perang terhadap praktik perjudian kian gencar dilakukan. Di Jember, Jawa Timur, polisi menggerebek arena judi kartu domino, yang dilakukan di tengah perkampungan sehingga menyebabkan keresahan warga sekitar.

Dua pelaku berhasil diamankan berikut berbagai barang bukti. Sedangkan tiga pelaku lainnya berhasil kabur.Petugas Unit Reserse Kriminal Polsek Jenggawah, Jember, Selasa siang, menggerebek arena judi kartu domino di kawasan permukiman penduduk Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Jember.

Petugas harus bertindak tegas, lantaran para penjudi berupaya kabur saat ditangkap. Beruntung 2 pelaku berhasil dibekuk, sedangkan 3 pelaku yang telah dikantongi identitasnya berhasil kabur dan hingga kini masih dalam pengejaran.

Dua pelaku judi diamankan yakni SF, warga Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari, Jember dan MS, warga Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember. Polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya uang taruhan ratusan ribu rupiah, beserta peralatan judi berupa kartu domino serta dua unit sepeda motor.

Penggerebekan ini dilakukan menyusul laporan masyarakat, yang resah dengan praktek judi di tengah permukiman warga tersebut.

"Tiga orang tersangka yang melarikan diri, akan tetap dilakukan pencarian dan penangkapan, dan berkasnya akan di-split untuk diajukan ke JPU. Dan kegiatan judi tersebut dilakukan di tengah perkampungan, sehingga samar sekali, karena berbaur dengan aktivitas masyarakat sehari-hari," kata Aiptu Ahmad Rinto, Kanit Reskrim Polsek Jenggawah, Jember.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolsek Jenggawah. Tersangka akan dijerat Pasal 303 KUHP  Tentang Perjudian, ancaman hukuman 4 tahun penjara. Demikian dilansir program Fokus, 24 Oktober 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2019 Jelang Balapan di Australia

Posted: 25 Oct 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- MotoGP 2019 sudah mendapatkan juara dunia. Marc Marquez begitu perkasa sehingga sudah menjadi juara dunia sejak seri Thailand.

Walau Marquez sudah juara, seri MotoGP tersisa masih akan seru. Marquez juga masih memburu rekor poin terbanyak dalam satu musim yang saat ini dipegang Jorge Lorenzo.

Selain itu perebutan runner-up dan peringkat tiga juga belum usai. Khusus untuk runner-up pembalap, Andrea Dovizioso hampir pasti akan menguncinya. Dovi memiliki 231 unggul 55 poin dari Alex Rins dan Maverick Vinales.

Persaingan sengit justru terjadi untuk memperebutkan posisi tiga. Selain Rins dan Vinales, Danilo Petrucci, Fabio Quartararo dan Valentino Rossi masih berpeluang finis di posisi tiga.

Kelima pembalap ini akan bersaing ketat di MotoGP Australia besok. Sedangkan Marquez memburu kemenangan kelima beruntun. Berikut klasemen MotoGP 2019 selengkapnya:

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Klasemen Pembalap

1. Marc Marquez (Repsol Honda) - 350 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati Team) - 231 poin

3. Alex Rins (Suzuki Ecstar) - 176 poin

4. Maverick Vinales (Monster Yamaha) - 176 poin

5. Danilo Petrucci (Ducati Team) - 169 poin

6. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) - 163 poin

7. Valentino Rossi (Monster Yamaha) - 145 poin

8. Jack Miller (Pramac Ducati) - 125 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) - 113 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) - 100 poin

11. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) - 85 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) - 74 poin

13. Joan Mir (Suzuki Ecstar) - 66 poin

14. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) - 47 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) - 37 poin

16. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) - 33 poin

17. Andrea Iannone (Factory Aprilia Gresini) - 33 poin

18. Johann Zarco (Red Bull KTM Factory) - 27 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) - 23 poin

20. Tito Rabat (Reale Avintia Ducati) - 18 poin

21. Stefan Bradl (Repsol Honda) - 16 poin

22. Michele Pirro (Ducati Team) - 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki Ecstar) - 7 poin

24. Hafizh Syahrin (Red Bull KTM Tech3) - 7 poin

25. Karel Abraham (Reale Avintia Ducati) - 5 poin

Jadwal

Ilustrasi persaingan di MotoGP (OLI SCARFF / AFP)

Berikut jadwal MotoGP Australia selengkapnya:

Sabtu, 26 Oktober 2019

10.25-10.55 WIB, FP4

11.05-11.45 WIB, Kualifikasi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Prosedur dan Teknis Brimob Polri Tangani Demo Anarkis

Posted: 25 Oct 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Korps Brimob Polri mengadakan simulasi penanganan aksi unjuk rasa dengan eskalasi tinggi yang mengarah kepada kerusuhan. Sejumlah prosedur penanganan pun dipaparkan.

Kabag Ops Korps Brimob Polri Kombes Waris Agono menyampaikan, pada dasarnya Brimob Polri baru diturunkan jika situasi kuning berubah menjadi merah.

"Dilaksanakan dari situasi tidak tertib menjadi melanggar hukum atau dari kuning ke merah. Tidak tertib ini apabila massa sudah tidak mengindahkan imbauan petugas atau melakukan pelemparan sehingga berpotensi melukai petugas. Negosiasi pun tidak berhasil," tutur Waris di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Sabtu (26/10/2019).

Dalam prosedur penanganan unjuk rasa dan kerusuhan, situasi paling dasar adalah hijau atau tertib. Kondisi ini hanya ditangani oleh petugas Sabhara Polri dengan tangan kosong.

"Kalau hijau hanya mengenakan pakaian prosedural dan bertopi saja. Kalau kuning mulai lintas ganti dengan petugas membawa tameng fiber. Jika merah, maka lintas ganti ke satuan PHH Brimob," jelas dia.

Lapisan petugas yang turun ke lapangan terus bergantian sesuai situasi di lapangan. Turunnya Brimob Polri pun memiliki prosedur ketat.

"Lintas ganti ini bukan maunya Brimob, tapi maunya massa dan Kasatwil. Massa ini tidak tertib, pengunjuk rasa mulai tidak mengindahkan imbauan Kasatwil dan membawa alat-alat berbahaya," kata Waris.

Dari sini, lanjutnya, Kasatwil yang biasanya dipegang oleh Kapolres atau Kapolda setempat akan berkoordinasi meminta bantuan personel pengamanan.

"Kapolres atau Kapolda kalau menilai ada peningkatan situasi, maka meminta bantuan ke Kapolda atau Kapolri. Kemudian setelah mendapat perintah disiapkan, maka disiapkan personel dan peralatannya," ujarnya.

Larangan untuk Personel

Usai itu pun, masih ada sejumlah peringatan dan arahan dari Komandan Brimob yang bertugas di tempat. Termasuk gambaran massa, situasi, objek, larangan dan kewajiban, hambatan, rencana tindakan, hingga titik kumpul konsolidasi usai penanganan aksi.

"Larangannya, dilarang terpancing emosi, melakukan kekerasan berlebihan, membawa peralatan berlebihan, misal PHH nggak boleh bawa senjata api dan senjata tajam. Maka ini sebelum operasi petugas Brimob diperiksa dulu. Tidak boleh keluar formasi, bersikap arogan, memaki, mengeluarkan kata-kata kotor, mengeluarkan tindakan di luar perintah pimpinan," beber Waris.

Adapun secara teknis, lanjutnya, setelah petugas bertindak maka akan kembali ada imbauan agar massa tidak anarkis dan mau membubarkan diri. Jika imbauan tersebut tidak dihiraukan, upaya pendorongan pun dilakukan.

"Jika mendorong pakai tameng tidak bubar, maka untuk memudahkan mendorong disemprotlah air water canon. Dulu ada penggunaan air yang menyebabkan rasa gatal. Tapi setelah ada protes, maka diganti air biasa dan ini air bersih. Tetapi kalau dengan water canon tidak bubar juga, kita lanjutkan dengan gas air mata. Water canon juga berfungsi memadamkan api," Waris menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sering Dibuang, Susu Basi Ternyata Bermanfaat

Posted: 25 Oct 2019 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Susu basi akan berubah rasa jadi asam. Jangan buru-buru membuangnya, bisa digunakan untuk banyak hal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Editan Bocah di Sekolah Sarwendah Ini Kocak, Bikin Senyum

Posted: 25 Oct 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas netizen Tanah Air jangan diragukan lagi. Media sosial tak serta merta dijadikan komunikasi, namun juga bisa menjadi media hiburan dengan konten lucu mengundang gelak tawa. Salah satunya yang sedang viral di media sosial adalah mengedit foto.

Baru-baru ini, netizen di media sosial Twitter dengan kreatif mengedit foto bocah yang ada di foto Sarwendah. Ya, Sarwendah mengunggah foto pada 23 Oktober 2019 saat berada di sekolah Tempat Belajar Bunda Sarwendah. Sekolah milik Sarwendah itu diberikan Ruben sebagai kado ulang tahun pernikahan mereka yang ke-6.

Dalam foto unggahan Sarwendah, terdapat foto lucu saat bocah sedang menyaksikan potret haru Ruben dan Sarwendah dari dalam ruangan melalui kaca jendela. Bocah-bocah tersebut dengan lucunya menempelkan hidungnya ke kaca jendela. Aksi  bocah tersebut sukses membuat netizen gagal fokus saat melihatnya.

Penasaran kan bagaimana hasil foto editan netizen tentang bocah saat di sekolah Sarwendah? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/10/2019).

1. Hidung bocah dianggap layaknya dua huruf O.

5 Foto Editan Bocah di Sekolah Sarwendah Ini Kocak, Bikin Senyum (sumber: Twitter.com/nidaislmh)

2. Bahkan ada yang menganggap mereka seperti karakter serial Kera Sakti.

5 Foto Editan Bocah di Sekolah Sarwendah Ini Kocak, Bikin Senyum (sumber: Twitter.com/bhatarawisnu_)

3. Ekspresi polos si bocah memang bikin ketawa.

5 Foto Editan Bocah di Sekolah Sarwendah Ini Kocak, Bikin Senyum (sumber: Twitter.com/hasna_nn)

4. Ekspresi jomblo ketika melihat orang pacaran.

5 Foto Editan Bocah di Sekolah Sarwendah Ini Kocak, Bikin Senyum (sumber: Twitter.com/rnkrss)

5. Malah ada iklan mi goreng. Duh ada-ada saja.

5 Foto Editan Bocah di Sekolah Sarwendah Ini Kocak, Bikin Senyum (sumber: Twitter.com/rudi_himawan10)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih MU Minta Pasukannya Waspadai Norwich City

Posted: 25 Oct 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, meminta pasukannya tetap mewaspadai Norwich City. Menurutnya, The Cannaries bukan lawan yang bisa dipandang sebelah mata.

MUakan kembali beraksi di ajang Premier League pada akhir pekan nanti. Mereka akan menghadapi Norwich City di Carrow Road pada hari Minggu (27/10).

MU sendiri tengah kesulitan meraih kemenangan di ajang Premier League. Untuk itu mereka menargetkan poin penuh saat menyambangi markas Norwich nanti.

Namun Solskjaer percaya timnya akan mendapatkan perlawanan yang sengit di laga ini. "Saya melihat pertandingan pertama Norwich menghadapi Liverpool, dan saya melihat mereka adalah tim dengan keberanian yang besar," ujar Solskjaer kepada situs resmi Manchester United.

Solskjaer meyakini bahwa Norwich bakal menjadi lawan yang sangat berat untuk timnya. Untuk itu ia ingin timnya tampil maksimal di laga itu.

"Mereka sangat berani dan membangun momentum yang baik dengan gaya bermain mereka. Mereka mendapatkan sejumlah hasil bagus saat mengalahkan Newcastle dan Manchester City, karena mereka punya filosofi yang jelas bagaimana mereka ingin bermain."

"Saya harap kami bisa menghentikan mereka, karena Carrow Road bukan tempat yang mudah untuk ditaklukan. Namun kami siap untuk memenangkan pertandingan tersebut."

 

Tambahan Amunisi

Harry Maguire dan para pemain Manchester United saat menghadapi Partizan Beograd pada lanjutan Liga Europa di stadion Partizana, Jumat (25/10/2019) dini hari WIB. (AFP/Andrej Isakovic)

Solskjaer juga kian optimistis bisa menang di laga tersebut setelah beberapa pemain kuncinya sudah pulih dari cedera.

Untuk itu ia berharap dengan skuatnya ini mereka bisa menaklukan tuan rumah di akhir pekan nanti.

"Saat ini beberapa pemain kami sudah pulih dari cedera. Saya memainkan Aaron [Wan-Bissaka] dan Anthony [Martial] selama 60 menit setelah mereka absen cukup lama. Semoga tim kami bisa berada dalam kondisi yang apik karena kami butuh berada di performa terbaik untuk memenangkan pertandingan ini." ia menandaskan.

Manchester United sendiri saat ini sangat membutuhkan tiga poin di ajang Premier League.

Tim berjuluk Setan Merah itu saat ini berada di peringkat 14 klasemen sementara EPL, berjarak dua poin saja dari zona degradasi.

Sumber asli: MUFC

Disadur dari Bola.net (Penulis Serafin Unus Pasi, Published 25/10/2019).

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Lebih Dekat Tempat Bersejarah Suzuki dalam Balutan Visual

Posted: 25 Oct 2019 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Hamamatsu - Saat berkunjung ke Jepang untuk menghadiri gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Liputan6.com berkesempatan juga menyambangi museum Suzuki, yang berada di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.

Tempat ini menyimpan berbagai memorabilia pabrikan berlambang huruf 'S' tersebut di industri otomotif dunia.

Puluhan kendaraan bersejarah Suzuki berjejer rapi di tempat ini, mulai dari sepeda motor pertama, mobil penumpang pertama, hingga mesin tempel Suzuki sebagai pengingat perjalanan pabrikan asal Negeri Matahari Terbit ini menapaki sebagai salah satu raksasa otomotif Negeri Matahari Terbit.

Berikut, rekaman visual yang berhasil terdokumentasikan di Museum Suzuki:

 

 

Museum Suzuki di Jepang (Arief A/Liputan6.com)Suzuki Jimny generasi pertama (Arief A/Liputan6.com)Museum Suzuki di Jepang (Arief A/Liputan6.com)Museum Suzuki di Jepang (Arief A/Liputan6.com)

Suzuki Carry generasi pertama

Generasi pertama Suzuki Carry (Arief A/Liputan6.com)Museum Suzuki di Jepang (Arief A/Liputan6.com)Museum Suzuki di Jepang (Arief A/Liputan6.com)Museum Suzuki di Jepang (Arief A/Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jabat Mendagri, Tito Akan Cek dan Evaluasi Dana Otsus Papua

Posted: 25 Oct 2019 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan pihaknya akan mengecek dan mengevaluasi dana otonomi khusus (otsus) di Papua. Itu dilakukan agar tercipta sinkronisasi program antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai tugas Kementerian Dalam Negeri menjalankan amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Apa yang disampaikan Bapak Presiden bahwa program itu bukan hanya sifatnya terkirim (sent), melainkan masalahnya apakah sudah tersampaikan (delivery), atau sudah dirasakan oleh masyarakat, ini akan saya cek," kata Tito dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/10/2019).

Mendagri dalam lawatannya ke Timika, Papua, mengatakan bahwa dana otsus yang diterima Papua cukup besar. Besarnya dana otsus yang diberikan pemerintah merupakan salah satu bentuk perhatian khusus pemerintah kepada masyarakat Papua.

Dana tersebut diharapkan dapat disalurkan kepada masyarakat melalui sinkronisasi program tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Masalahnya, sampai atau tidak kepada masyarakat? Jangan sampai nanti tidak sampai karena programnya tidak dibuat dengan baik. Saya tahu anggaran-anggaran di Papua cukup besar, masalahnya sampai kepada publik atau tidak. Nanti akan disisir oleh tim dari Kemendagri sebagai pembina," kata Tito.

Dia juga meminta jajarannya di Kemendagri dalam melakukan pengecekan dan evaluasi dana otsus harus berbanding lurus dengan pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian, program dapat menyentuh permasalahan yang ada di tengah masyarakat, seperti memberi kemudahan lapangan kerja dan investasi.

"Apakah ada program-program yang memperluas lapangan kerja? Salah satu problem di Papua, yaitu hak ulayat, bagaimana menyelesaikannya supaya investor tidak ragu-ragu datang," ujar Tito.

Program Tepat Sasaran

Tidak hanya di Papua, mantan Kapolri yang hari ini berulang tahun ke-55 itu akan memastikan sinkronisasi program tepat sasaran juga dapat dilakukan di seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Hal itu ditegaskan Tito di Hotel Rimba Papua, Timika, Jumat (25/10/2019) kemarin.

"Tim nanti akan saya perintahkan untuk menyisir di tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten/kota. Nanti dilihat prioritas yang mana duluan yang kami sisir supaya tahun 2020 betul-betul pas dirasakan oleh masyarakat," ujar Tito.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Jam Tangan Lokal, Antara Fungsi dan Gengsi

Posted: 25 Oct 2019 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Abad ke-16 jadi awal perkembangan jam tangan yang saat ini banyak dipakai oleh pria maupun wanita. Saat itu konsep jam tangan sudah muncul, meski baru berupa jam lengan pemberian Robert Dudley kepada Ratu Elizabeth I di Inggris.

Saat itu jam tangan hanya dikenakan oleh para wanita, seperti gelang. Namun, seiring waktu penggunaan jam tangan tak hanya dominasi kaum hawa. Popularitas jam tangan kian meroket saat banyak pria yang berkiprah sebagai tentara sejak Perang Dunia I.

Jam tangan dinilai sangat penting untuk mengkoordinasikan taktik dan strategi di medan perang. Jam tangan yang sebelumnya merupakan jam saku dengan gelang atau strap kulit perlahan-lahan berubah.

Perkembangan juga terjadi di berbagai belahan negara, mereka membuat jam tangan lokal masing-masing, seperti di Indonesia. Banyak sosok kreatif yang membuat jam tangan lokal dengan desain mewah yang tak kalah dengan produk dari mancanegara.

Kebutuhan akan jam tangan tak sekadar sebagai penunjuk waktu, tapi lebih dari itu. Meski banyak pengganti penunjuk waktu, seperti gawai, fungsi lain jam tangan tak bisa digantikan.

Masyarakat modern begitu memperhatikan penampilan dan fashion. Jam tangan pun bisa dijadikan sebagai penunjang penampilan dengan modelnya yang unik dan terkini.

Dilansir dari fashion-history.lovetknow, Sabtu (26/10/2019), arloji juga merupakan aksesori fesyen yang estetika dan mereknya sangat penting. Jam tangan fesyen dikaitkan dengan gaya hidup, dan banyak dari perusahaan arloji terkemuka telah memposisikan diri untuk menarik segmen pasar konsumen tertentu.

Angkat Nama Indonesia

Jam tangan NAM Watch produksi Indonesia. (dok.Instagram @namwatches/https://www.instagram.com/p/BxeRNBuB9As/Henry)

Voultone salah satu merek arloji karya anak bangsa ini khusus pasar premium di Indonesia. Jam tangan ini sudah ada sejak 2017 lalu untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat modern.

Tak sekadar sebagai fashion, brand ini berkeinginan mengangkat nama Indonesia di pasar jam tangan premium dunia. Indonesia memiliki talenta dan keterampilan dalam hal membuat barang-barang mewah berkualitas tak kalah dari negara lainnya.

Selain Vaultone, ada juga Dekade. Melansir dari Dekade Time, Sabtu (26/10/2019), jam tangan dari Bandung, Jawa Barat ini, memiliki desain yang simpel merupakan suatu fitur terbaik sebagai nilai fungsional yang bermanfaat dalam aktivitas keseharian.

Dinaungi oleh PT. Arthastama Arsa Persada (Pattent Group) sejak 2017, menghadirkan jam tangan versatile dengan desain simple-modern dan unik.

Fungsional dan memberikan aksen menarik pada tampilan sehari-hari, Dekade Time hadir untuk mewakili setiap karakter penggunanya baik pria maupun wanita. Kehadiran jam tangan produk lokal tentu kian meramaikan industri jam tangan.

Tak berlebihan, jika kehadiran poduk-produk lokal itu kian menunjukkan bahwa jam tangan telah menjadi bagian dari gaya hidup (lifestyle). Tak cukup satu, mereka menyesuaikan penggunaan jam tangan sesuai dengan acara, pakaian, dan alasan tertentu yang dapat menunjang penampilan. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IPC Logistic Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMP

Posted: 25 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta  Lagi cari kerja?. Kabar baik karena PT Multi Terminal Indonesia (MTI) atau yang juga dikenal dengan nama IPC Logistic kembali membuka lowongan kerja terbaru.

Kali ini, IPC Logistic membuka lowongan kerja untuk posisi pengemudi truck trailer dan wingbox IPC Logistic/PT Multi Terminal Indonesia. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 31 Oktober 2019.

Sekadar informasi, PT MTI atau IPC Logistic adalah anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) yang didirikan pada 15 Februari 2002 dengan komposisi kepemilikan saham adalah 99 persen milik IPC.

IPC merupakan badan usaha milik negara (BUMN) memiliki 12 kantor cabang pelabuhan yang tersebar di 10 provinsi dan 17 anak perusahaan termasuk MTI.

Sejak berdirinya perusahaan, MTI memiliki 3 unit bisnis, yaitu Terminal Multipurpose, Terminal Petikemas, dan Logistik.

Pada tahun 2015, IPC melakukan restrukturisasi bisnis di lingkungan anak perusahaan dan MTI difokuskan untuk bisnis logistik. Sejalan dengan perubahan arah bisnis perusahaan tersebut, MTI telah melakukan perubahan logo serta visi, misi, dan value perusahaan.

Saat ini, MTI mengoperasikan beberapa kantor cabang yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, dan Bali, yaitu di Jakarta, Semarang, Surabaya, Palembang dan Bali.

Sedangkan layanan yang disediakan antara lain jasa Freight Forwading (Domestik & Internasional), Customs Clearance, Lapangan Penumpukan, Cargo Transportation, Pergudangan & Distribusi, Bongkar Muat Via Kereta Api di Stasiun Pasoso, dan Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) CDC Banda. Selain itu, MTI mengoperasikan Halal Logistic & Cold Storage.

Mengutip laman IPC Logistic, berikut persyaratan bagi para pelamar kerja, dan tata cara pendaftaran lowongan kerja tersebut:

Pengemudi Truck Trailer dan Wingbox

Ilustrasi Menyetir (iStockPhoto)

Persyaratan Umum:

1. Sehat Jasmani dan Rohani;

2. Bertanggung jawab, jujur, dan memiliki etika sopan-santun;

3. Tidak bertato, bertindik, dan berambut panjang;

4. Cerdas, sabar, dan penuh kehati-hatian di jalan;

5. Berdomisili di wilayah DKI atau di sekitar wilayah Tanjung Priok;

6. Memahami safety driving / aturan lalu lintas;

7. Mengetahui teknik bongkar-muat petikemas/barang di kendaraan dan di lapangan;

8. Mengerti penggunaan transmisi kendaraan manual dan otomatis sertafungsi-fungsi umum kendaraan;

9. Bersedia bekerja dengan status kemitraan.

Persyaratan Khusus

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

1. Memiliki SIM B2 Umum (aktif);

2. SKCK asli dan aktif;

3. e-KTP dan Kartu Keluarga;

4. Usia antara 23 s.d. 40 tahun dengan berat badan ideal minimal 50 kg;

5. Berpengalaman di bidangnya (melampirkan Plakaring);

6. Pendidikan minimal SMP.

Tata Cara Pendaftaran

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, segera melakukan pendaftaran dengan mengirimkan lamaran melalui email ke: cs@multiterminal.co.id atau dikirimkan melalui Pos/ekspedisi ke:

Corporate Secretary PT Multi Terminal Indonesia

Jl. Pulau Payung No. 1 Tanjung Priok-Jakarta Utara

Ingat, paling lambat tanggal 31 Oktober 2019!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Sukses Kemiren Asri Jual Jamur Krispi hingga ke Hong Kong

Posted: 25 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok Kampung Ekonomi Kreatif (Kemiren Asri) berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui beragam program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Program Binaan Pertamina Refinery Unit IV Cilacap ini bahkan berhasil mengirimkan makanan hasil produksi rumahan mereka hingga ke Hong Kong dan Malaysia.

Ketua Pengurus Koperasi Asri Mandiri Rumdani Prapti Sumiwi mengatakan, pengembangan Kelompok Kemiren Asri melalui perjalanan yang panjang. Dalam perjalanan panjang itu lah muncul semangat masyarakat yang ingin mandiri dan sejahtera.

"Alhamdulillah saat ini kelompok kegiatan Kemiren Asri terus melalukan inovasi. Tahun ini kami sudah memiliki Koperasi sebagai bagian dari penggerak ekonomi masyarakat. Di tengah teknologi yang terus maju, kami mencoba memaksimalkan kreativitas untuk membuat produk yang dapat dinikmati masyarakat melalui beragam olahan budidaya yang dikelola, seperti olahan jamur," kata Rumdani, Rabu (23/10/2019).

Rumdani mengtakan produk yang dihasilkan dari kelompok tersebut memuaskan. Bahkan berkat jaringan pertemanan yang dia miliki, produk jamur krispi hasil olahan ibu-ibu Kelompok Kemiren Asri berhasil dijual hingga ke Hong Kong dan Malaysia.

"Dengan memanfaatkan koneksi yang dimiliki kita mencoba memasarkan produk kita secara online ke kota-kota besar di Indonesia, sudah hampir seluruh Indonesia. Dan saat ini pun produk kami sudah berhasil kami jual ke Hong Kong dan Malaysia," ujarnya.

 

 

Omzet Rp 7 Juta Per Bulan

 

Tercatat, hingga saat ini Kemiren Asri dapat memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi. Rata-rata setiap kelompok kegiatan Kemiren Asri dapat menghasilkan omzet sekitar Rp 7 juta per bulan.

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR Refinery Unit IV Cilacap, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, kunci program Kemiren Asri hingga mampu menjadi desa mandiri yakni menerapkan sinergitas kelompok kegiatan yang punya mata rantai, dari mulai produksi hingga pemasaran yang saling berkaitan satu sama lain. Hal ini yang menjadikan masyarakat Tegalmulyan memiliki keunggulan kompetitif.

"Seperti dengan adanya Kelompok Budidaya Jamur yang memanfaatkan 180 kg limbah Baglog per tahun, sekarang dengan pemanfaatan limbah tersebut bisa digunakan sebagai media untuk budidaya cacing sehingga kegiatan zero waste (tidak ada sisa terbuang) dapat 100% dimanfaatkan," kata Laode.

Lebih lanjut Laode menjelaskan, proses sinergitas ini mampu menjawab permasalahan sosial dan ekonomi yang sebelumnya terjadinya pada masyarakat seperti terdapat masyarakat buta aksara yang sekarang berangsur sudah melek aksara.

Selain itu, dari 37 anak yang mengalami gizi buruk dan gizi kurang sebelum adanya program, tahun ini sudah berhasil masuk kategori gizi baik melalui program Pemenuhan Makanan Tambahan yang berhasil dikembangkan oleh kelompok masyarakat secara mandiri.

"Dengan adanya sinergitas, kami harap program Kemiren Asri ini mampu suistain dan berkembang, sehingga lebih banyak lagi manfaat yang berdampak positif bagi masyarakat," tambah Laode.

 

Program Lainnya

Sebelum program ini berkembang dalam mengembangkan usaha makanan produksi rumahan dengan bahan dasar jamur, masyarakat Desa Kemiren Asri yang berada di Kelurahan Tegalkamulyan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah memiliki permasalahan di bidang kesehatan dengan cukup banyaknya angka gizi buruk dan kurang pada tahun 2017.

Bantuan tersebut awalnya untuk meningkatkan fasilitas posyandu yang saat itu berhasil membantu untuk memonitoring perkembangan anak. Namun masih ada kebutuhan penunjang serta PMT (pemberian makanan tambahan) kepada balita yang dibutuhkan untuk dapat menurunkan angka gizi buruk dan kurang di Desa Kemiren Asri.

Akhirnya, dalam upaya agar program PMT dapat berkelanjutan, Pertamina memberikan bantuan budidaya Jamur yang hasilnya digunakan untuk bahan dasar olahan PMT setiap bulannya.

Selain itu, cukup banyaknya masyarakat di kelurahan tersebut yang masih buta aksara, mendorong salah seorang penggerak masyarakat bernama Rumdani Prapti Sumiwi untuk memberantas buta aksara.

Rumdani menggagas sebuah program bersama Pertamina dengan membentuk Kelompok Keaksaraan Fungsional. Melalui metode belajar membaca dan menulis resep masakan, 21 ibu-ibu Kelompok Keaksaraan Fungsional tersebut kini sudah menjadi kepala kelompok kegiatan pemberdayaan Kemiren Asri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Teknik Membaca Cepat Quantum, Hafal 100 Ribu Kata dalam Lima Menit

Posted: 25 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbagai cara dilakukan orangtua agar anak pintar, termasuk mendaftarkan kursus. Sebuah kursus 'Quantum Read' alias membaca cepat quantum mengklaim bisa membuat anak bisa menghafal 100 ribu kata dalam lima menit. Sayangnya teknik membaca cepat ini dianggap bisa mengganggu perkembangan anak.

Teknologi Pendidikan Beijing Xinzhitong Qiguang di Yancheng, Provinsi Jiangsu termasuk yang menjanjikan akan mengajar siswa muda teknik membaca cepat quantum. Namun, seorang pejabat di Beijing Xinzhitong Qiguang Education Technology membantahnya ketika ditanyai oleh wartawan.

Padahal dalam poster promosi serta posting di platform media sosial Cina Weibo, pusat pembelajaran swasta menargetkan siswa antara usia 10 dan 16 tahun bisa membaca 100.000 kata dalam hitungan menit, serta membaca apa yang telah mereka baca, setelah kelas 72 jam.

Lantas seperti apa teknik membaca cepat quantum ini?

Menurut China Daily, dalam materi promosi pusat pendidikan dijelaskan dengan membalik-balik ratusan halaman gambar yang sangat cepat akan mulai terbentuk dalam pikiran pembaca untuk membantu mereka memahami apa yang mereka baca.

Teknik ini diduga dikembangkan oleh Yumiko Tobitani, seorang pendidik Jepang yang juga menulis buku tentang membaca cepat kuantum seperti dikutip Oddity Central.

"Ketika Anda membalik halaman buku, gambar mulai muncul yang membantu Anda memahami isinya," kata Yumiko Tobitani dalam presentasi video.

"Hal luar biasa lainnya adalah bahkan jika teksnya ditulis dalam bahasa Prancis, Jerman, atau Inggris, itu akan diterjemahkan ke bahasa Anda sendiri dan menghubungkan ke gambar sehingga Anda segera memahami buku itu."

 

Orangtua Tetap Memasukkan ke Kursus Ini

Mendengar teknik membaca cepat quantum ini, para ahli dan ilmuwan mengklaim itu hanya penipuan. Menurut mereka tidak ada dasar ilmiah untuk teknik ini.

Meskipun kursus membaca cepat quantum mendapat reaksi negatif, para ahli percaya beberapa orang tua masih akan memasukkan anaknya kursus di sini. Alasannya, banyak orangtua yang terobsesi dengan pendidikan anak-anak mereka, terutama cara agar anaknya menjadi yang terbaik dari semua siswa lainnya.

"Mereka berpikir jika anak-anak mereka mengambil kursus seperti itu, mereka akan memiliki keunggulan dibandingkan yang lain, tetapi metode pelatihan tidak ilmiah semacam ini hanya membahayakan perkembangan anak-anak mereka," kata Xiong Bingqi, Wakil Direktur The 21st Century Education Research Institute di Beijing.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: