Kamis, 24 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Arti Tanda Putih di Kuku Bagi Kesehatan, Kenali Penyebabnya

Posted: 24 Oct 2019 04:55 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Arti tanda putih di kuku kerap dikaitkan dengan mitos tertentu. Banyak yang beranggapan jika ada tanda putih di kuku berarti seseorang sedang merindukanmu. Kepercayaan ini sama sekali tak dapat dibuktikan secara ilmiah. 

Faktanya, arti tanda putih di kuku dapat dijelaskan secara medis. Bercak atau tanda putih pada kuku dalam istilah medis disebut Leukonychia. Kondisi ini terjadi karena berbagai sebab. Leukonychia bisa berbentuk bintik putih, garis lurus, atau horizontal. Arti tanda putih di kuku bisa jadi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Arti tanda putih di kuku dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda. Arti tanda putih di kuku bisa menandakan kekurangan nutrisi, trauma, dan suatu penyakit. Arti tanda putih di kuku ini biasanya tidak berbahaya, dan sering terjadi karena aktivitas sehari-hari atau karena cedera ringan.

Berikut arti tanda putih di kuku yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(24/10/2019).

Arti Tanda Putih di Kuku: Trauma

Ilustrasi Foto Gigit Jari Kuku (iStockphoto)

Cedera pada lempeng kuku atau area tempat kuku tumbuh, yang dikenal sebagai matriks dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Jenis cedera ini sering terjadi pada anak-anak dan biasanya merupakan penyebab bintik-bintik putih pada kuku.

Jenis-jenis cedera yang dapat menyebabkan ini termasuk menggigit kuku, manikur, cedera kuku sehari-hari, alas kaki yang terlalu kecil yang menyebabkan tekanan abnormal pada kuku. Kebanyakan cedera kuku hanya perlu waktu untuk sembuh. Seiring waktu, bintik-bintik putih akan hilang seluruhnya.

Arti Tanda Putih di Kuku: Keracunan dan obat-obatan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/megaflopp

Beberapa bentuk keracunan atau pengobatan juga dapat menyebabkan leukonychia. Penyebab ini relatif jarang dan sering mengakibatkan leukonychia transversal. Keracunan dan pengobatan yang dapat menyebabkan area putih pada atau di bawah kuku termasuk:

- Keracunan logam berat dari logam, seperti timah dan arsenik

- perawatan kemoterapi untuk kanker, yang diberikan melalui mulut, injeksi, atau infus melalui kulit untuk mencoba dan membunuh sel-sel kanker atau menghentikan pembelahan

- sulfonamid, obat yang digunakan untuk infeksi bakteri, seperti infeksi kulit, septikemia, dan infeksi saluran kemih

Arti Tanda Putih di Kuku: Kekurangan Mineral

Kekurangan Mineral (sumber: istockphoto)

Kekurangan seng

Seng adalah mineral yang digunakan tubuh untuk melawan infeksi dan memproduksi sel. Mineral ini penting untuk menyembuhkan luka dan membuat DNA. Beberapa peneliti mengklaim bercak putih pada kuku adalah hasil dari kekurangan seng.

Kekurangan protein

Jika tubuh tidak mendapatkan cukup protein, kerontokan sering terlihat pada kuku. Anda mungkin akan melihat garis putih horizontal yang memanjang melintasi dasar kuku, yang disebut garis Muehrcke. Mereka biasanya hilang ketika kadar protein kembali normal, meskipun dalam kasus yang jarang terjadi mereka juga dapat menunjukkan penyakit hati.

Arti Tanda Putih di Kuku: Alergi dan jamur

Ilustrasi kuku. Sumber foto: pixabay.com/picjumbo_com.

Alergi terhadap cat kuku, kilau, pengeras, atau penghapus cat kuku dapat menyebabkan bintik-bintik putih pada kuku. Penggunaan kuku akrilik atau gel juga dapat merusak kuku dan dapat menyebabkan bintik-bintik putih ini. Berhentilah menggunakan cat kuku, gloss, atau produk kuku yang bisa menyebabkan kondisi ini.

Jamur juga dapat menjadi penyebab tanda putih pada kuku. Jamur kuku umum yang disebut onikomikosis superfisial putih dapat muncul di kuku kaki. Tanda pertama infeksi mungkin beberapa titik putih kecil pada kuku. Infeksi dapat tumbuh dan menyebar ke dasar kuku.

Kuku kaki mungkin tampak seperti serpihan dan kemudian menjadi tebal dan rapuh. Obat anti jamur oral adalah pengobatan yang paling umum, dan banyak dokter juga akan meresepkan pengobatan antijamur topikal.

Arti Tanda Putih di Kuku: Penyakit sistemik

Ilustrasi orang sakit (sumber: iStockphoto)

Menurut sebuah penelitian pada bulan April 2015 di Indian Dermatology Online Journal, adanya bintik-bintik putih atau bercak di alas kuku atau muncul ketika lempeng kuku yang tumbuh, itu lebih cenderung menjadi tanda masalah kesehatan sistemik yang serius.

Penyakit sistemik juga dapat menyebabkan kuku putih. Jika demikian, mereka adalah sinyal bahwa ada masalah di tempat lain di tubuh. Meskipun penyebab ini mungkin, kondisi ini sangat jarang dialami. Dokter kemungkinan akan mengeksplorasi sejumlah kondisi lain jika memiliki bintik-bintik putih yang menetap di kuku sebelum mempertimbangkan masalah yang lebih serius ini.

Penyakit yang dapat menyebabkan kuku putih termasuk:

- anemia defisiensi besi, kekurangan zat besi dalam tubuh

- sirosis hati, yang merupakan jaringan parut pada hati

- penyakit ginjal

- gagal jantung

- diabetes

- masalah dengan pencernaan protein

- hipertiroidisme, suatu tiroid yang terlalu aktif yang menghasilkan kadar hormon tiroid yang abnormal dalam tubuh

- psorias

- eksim

- pneumonia

Penyebab genetik

Ilustrasi Foto Orang Sakit (iStockphoto)

Dalam kasus yang sangat jarang, kuku putih bisa menjadi kondisi genetik. Namun, ini biasanya hanya karena adanya sindrom yang langka dan kompleks, seperti:

- Sindrom Bart-Pumphrey, yang melibatkan masalah kuku dan masalah buku jari

- Sindrom Buschkell-Gorlin, yang melibatkan masalah kuku, kista kulit dan batu ginjal

- Sindrom Bauer, yang melibatkan masalah kuku dan kista kulit

- Penyakit Darier, yang melibatkan noda seperti kutil di berbagai bagian tubuh

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP: Jokowi Punya Pertimbangan Tersendiri Pilih Pensiunan TNI jadi Menag

Posted: 24 Oct 2019 04:52 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pihak mengkritik keputusan Presiden Jokowi yang menunjuk Menteri Agama bukan dari kalangan ormas Islam. Dalam Kabinet Indonesia Maju, Menteri Agama, Fachrul Razi berlatar belakang militer. Pdahal, sebelumnya Menteri Agama selalu berasal dari ormas Nahdlatul Ulama (NU).

Menanggapi hal ini, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan Jokowi tetap menyadari peran NU di NKRI cukup besar. Namun menurutnya, ada alasan tersendiri dari Jokowi kenapa memilih figur berlatar belakang militer.

"Kita tidak melakukan dikotomi antara militer dan sipil. PDI Perjuangan sangat menyadari peran NU yang besar, maka kenapa kami juga ikut memperjuangkan Hari Santri Nasional 22 Oktober. Apa yang disuarakan oleh NU didengarkan oleh PDI Perjuangan dan juga kami sampaikan kepada bapak presiden," ujar Hasto di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Kendati yang menjelaskan apa alasan Jokowi menunjuk purnawirawan TNI sebagai Menteri Agama, Hasto memastikan Jokowi memiliki pertimbangan tertentu yang dijadikan pijakan sebelum mengambil keputusan.

"Pak Jokowi tentu saja punya alasan, dan alasan itu yang menjadi pijakan bagi Pak Jokowi di dalam mengambil keputusan," jelas dia.

Jika ada masukan dari NU terkait hal ini, menurutnya Jokowi pasti akan menerima. Apalagi Jokowi dikenal sangat dekat dengan NU.

"Tentu saja apa yang disampaikan oleh Nahdatul Ulama ini juga menjadi masukan bagi Pak Jokowi. Kita lihat bagaimana seluruh konfigurasi yang ada di dalam kabinet, dan nanti akan ada wakil-wakil menteri juga," pungkas dia.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibnu Rahim, Pesinetron Madun Terjerat Kasus Dugaan Narkoba

Posted: 24 Oct 2019 04:52 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesinetron Madun, Ibnu Rahim, diamankan Satres Narkoba Polres Tangerang Selatan (Tangsel), setelah kedapatan menyimpan sabu dan ekstasi di dalam tasnya.

Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan, mengatakan, Ibnu Rahim ditangkap bersama seorang rekannya Arif Budianto (27) saat akan bertransaksi di Jalan Jati Baru Raya, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, 9 Oktober 2019 lalu.

"Jadi sebagai informasi tambahan, salah satu tersangka atas nama Ibnu Rahim ini dulunya memang dikenal sebagai salah satu artis yang bermain di beberapa sinetron," ujarnya. 

Pengembangan dari Tersangka Lain

Ibnu Rahim, salah satu pemain sinetron Madun (Foto: Instagram/@football.forfun)

Terbongkarnya Ibnu Rahim menggunakan barang haram itu berdasarkan hasil pengembangan dari tersangka narkotika sebelumnya yang bernama Bayu Dewi Setiawan.

 

Sabu 1,06 Gram dan 5 Butir Ekstasi

Saat diamankan, ditemukan tiga plastik klip bening berisikan sabu dengan total berat 1,06 gram dan lima butir pil ekstasi serta satu buah cangklong kaca kecil.

 

Dari Lapas di Jakarta

Dari hasil penyelidikan petugas, Ibnu Rahim bersama rekannya itu mengambil barang dari jaringan lapas di daerah Jakarta.

 

Sebagai Pengedar

Ibnu rahim yang kini mengenakan seragam tahanan diduga tidak hanya sebagai pemakai tetapi juga menjadi pengedar lantaran memiliki tiga paket plastik klip berisi sabu siap edar.

"Terhadap para tersangka ini kita kenakan Pasal 114 Ayat 1 Pasal 112 Ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 25 tahun 2009 tentang narkotika dan kategori daripada tersangka kita kenakan sebagai pengedar," ujar Ferdy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Budi Karya Sumadi, Kedua Kali Jadi Penjaga Sektor Perhubungan

Posted: 24 Oct 2019 04:49 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Budi Karya Sumadi tetap bertahan pada posisi Menteri Perhubungan. Untuk kedua kalinya, dia akan membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Dia merupakan kelahiran Palembang 18 Desember 1956. Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Angkasa Pura II.

Adapun perjalanan karier lainnya, pernah memimpin badan usaha milik daerah (BUMD) yakni PT Pembangunan Jaya Ancol dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Barulah pada 2016, dia dipercaya menggantikan Ignasius Jonan sebagai Menteri Perhubungan.

Perannya sebagai Dirut AP II pun menjadi fondasi kuat bagi Budi Karya untuk mengurus konektivitas.

Karier Budi Karya di Menteri Perhubungan cukup menantang, sebab Presiden Joko Widodo memiliki concern besar terhadap konektivitas.

Budi Karya pun memantau pembangunan tol laut, jalan tol, jalur kereta, hingga bandara-bandara perintis, selama bertugas.

Budi Karya dan jajarannya cukup lincah mengambil jalan tengah dalam keputusan. Misalnya terkait tarif ojek online yang mengakomodasi aplikator dan driver.

Kemudian keputusan soal tiket pesawat yang menimbang persepsi maskapai dan penumpang. Masalah pun berangsur terselesaikan.

Tak hanya urusan transportasi online dan udara, Budi Karya juga tegas terhadap truk-truk yang kelebihan muatan dan ukuran alias ODOL (overload dan oversize) yang masuk jalan tol.

Tahun depan, kamera-kamera pengintai akan terpasang di jalan tol agar sopir truk ODOL di jalan tol dapat mudah dihukum aparat.

Dalam acara syukuran bersama pegawai Kementerian Perhubungan pada Rabu, 23 Oktober 2019, Budi Karya kembali melakukan konsolidasi seluruh insan Kemenhub.

Ia pun berjanji akan fokus pada program pembangunan dan konektivitas sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Program Kerja Kemenhub 2019-2024

Menhub Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi siap menjalankan arahan-arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan visi Indonesia. 

Setidaknya ada lima hal utama yang disampaikan Presiden dalam pidato Presiden Terpilih pada, Minggu, 14 Juli 2019. Lima hal itu yakni terkait melanjutkan pembangunan infrastruktur, penekanan pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), kemudahan investasi, memperkuat reformasi birokrasi, dan penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran. 

Menhub mengatakan, akan melanjutkan pembangunan infrastruktur dan mengupayakan agar infrastruktur yang dibangun selalu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Pembangunan infrastruktur akan terus dilanjutkan dan yang lebih penting lagi adalah menyambungkannya dengan kawasan industri rakyat, kawasan ekonomi khusus dan kawasan pariwisata, seperti yang akan kita lakukan di Bitung dan Labuan Bajo, serta di daerah-daerah lainnya sehingga dapat menggerakkan perekonomian daerah. Dengan begitu infrastruktur yang dibangun, dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat," jelas Menhub kepada wartawan, Senin, 15 Juli 2019.

Terkait pengembangan SDM, Budi Karya mengatakan akan terus melanjutkan program Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Sekolah-Sekolah di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kemenhub, yaitu dengan memberikan diklat bagi masyarakat khususnya dari masyarakat kurang mampu.

"Pada tahun ini kami targetkan dapat mendiklatkan sebanyak 160 ribu orang dan kami berikan secara gratis. Melalui diklat tersebut diharapkan dapat mencetak SDM berkualitas yang memiliki keahlian dan concern akan keselamatan di bidang transportasi darat, laut dan udara," ungkap Menhub.

Kemudahan Investasi

Menteri Perhubungan Budi Karya memberikan keterengan kepada awak media usai apel persiapan pengamanan dan angkutan lebaran 2019 di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (26/5/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemudian terkait dengan kemudahan investasi, Menhub terus mendorong dilakukannya efisiensi-efisensi di berbagai lini di sektor transportasi dalam upaya mendorong ekspor dan kemudahan investasi.

Efisiensi dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi informasi, memangkas aturan-aturan perizinan (deregulasi peraturan), dan menerapkan manajemen perubahan agar proses perizinan semakin cepat.

"Yang saat ini sedang kami optimalkan adalah di pelabuhan Tanjung Priok yang diharapkan dapat menjadi Pelabuhan Hub Internasional Indonesia. Kami ingin mengoptimalkan operasional Tanjung Priok 24 jam penuh," imbuhnya.

Lebih lanjut, Menhub mengatakan akan terus menjalankan reformasi birokrasi agar birokrassi yang ada di dalam Kementerian Perhubungan semakin sederhana, produktif, inovatif dan dapat berlari kencang mengikuti perubahan lingkungan yang begitu cepat di era perkembangan teknologi informasi.

"Kami membutuhkan Aparatur Sipil Negara yang berjiwa muda, adaptif, dan tidak alergi terhadap perubahan. Tentunya akan terus kami bangun sistem birokrasi melalui delapan area perubahan yang meliputi aspek organisasi, tata laksana, peraturan perundangan, SDM, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik, dan mindset aparatur," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidak di Bekasi, Kemnaker Gagalkan Keberangkatan 42 Orang Calon PMI Non Prosedural 

Posted: 24 Oct 2019 04:49 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (Direktorat PPTKLN) dan Direktorat Pengawasan Norma Kerja dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Direktorat PNKJ) Kementerian Ketenagakerjaan melakukan sidak ke Pelaksana Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) PT. IJ yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019) lalu.

Sidak yang dipimpin oleh Kasi Pengawasan Norma Pelatihan Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri, Ditjen Binwasnaker dan K3, Rihat Purba, berhasil menggagalkan keberangkatan 42 orang calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang diduga akan diberangkatkan bekerja secara non prosedural ke luar negeri.

"PT. IJ tidak dapat menunjukkan dokumen penempatan calon Pekerja Migran yang dipersyaratkan. Apalagi lokasi penampungan merupakan  rumah tinggal tanpa ada papan nama sebagaimana P3MI pada umumnya," kata Rihat di Jakarta pada Kamis (24/10).

Ditegaskan Rihat, seluruh  42 calon PMI yang ditampung di rumah mewah berlantai dua itu, adalah perempuan yang akan diberangkatkan bekerja ke luar negeri sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) ke negara Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Malaysia, Singapura, dan Hongkong.

"Mayoritas calon PMI berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, NTB dan sebagian dari Kabupaten Indramayu, dan Subang, Jawa Barat," ujar Rihat.

Selaku penegak hukum ketenagakerjaan, Rihat mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti kasus ini sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, termasuk dugaan adanya tindak pidana ketenagakerjaan.

"Sidak ini merupakan respon cepat Kemnaker atas pengaduan masyarakat mengenai dugaan adanya calon pekerja migran yang akan ditempatkan ke Timur Tengah yang ditampung di lokasi,"  lanjut Rihat.

Saat Sidak, Rihat menyatakan pengurus maupun penanggung jawab P3MI di lokasi tidak dapat menunjukan legalitas tempat usahanya kepada petugas. Selanjutnya, para calon pekerja migran tersebut dipindahkan ke Rumah Perlindungan dan Trauma Center, Bambu Apus, Jakarta Timur untuk mendapatkan pembinaan sebelum dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Sementara Kasubdit Perlindungan TKI M. Ridho Amrullah, menjelaskan penempatan PMI ke Timur Tengah tetap dilarang dan ditutup sesuai Kepmenaker No. 260 Tahun 2015 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan TKI pada Pengguna Perseorangan di Negara Kawasan Timur Tengah.

42 calon PMI ditampung di rumah mewah berlantai dua di Bekasi oleh Pelaksana Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) PT. IJ

"Kementerian akan mendalami pelanggaran yang lakukan P3MI tersebut dan tidak akan segan memberikan sanksi tegas hingga mencabut izin kepada P3MI yang terbukti melanggar peraturan perundangan," lanjut Ridho.

Sementara itu, Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, Eva Trisiana menyatakan, Kemnaker memiliki kerja sama Sistem Penempatan Satu Kanal (one channel system) PMI antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi, yang merupakan pola baru penempatan pekerja migran melalui satu sistem di bawah kontrol langsung pemerintah.

Kemnaker mengimbau semua masyarakat untuk berhati-hati dan waspada bujuk rayu untuk bekerja keluar negeri dengan mudah.

"Pastikan bahwa penempatan PMI keluar negeri melalui Dinas Ketenagakerjaan atau Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Kabupaten/Kota setempat," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pembaruan Aturan Sertifikasi Pengguna Drone

Posted: 24 Oct 2019 04:47 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemenhub akan perbarui aturan sertifikasi pengguna drone akhir 2019 ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Akun Twitter PSSI Diretas

Posted: 24 Oct 2019 04:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akun Twitter PSSI @PSSI buru-buru menghapus salah satu utas-nya terkait terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Selanjutnya, PSSI melalui akun yang sama menyampaikan permohonan maaf dan telah melaporkan kejadian itu kepada Twitter. 

 

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, Twitter PSSI dibajak (Twitter)

Gambar di atas merupakan tangkapan layar dari utas PSSI yang dihapus dari Twitter. Pernyataan ini muncul saat media sosial tengah ramai membicarakan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Meski sudah dihapus, utas kontroversial itu telah mengundang reaksi dari netizen lewat tangkapan layar yang disebar melalui Twitter.

PSSI telah menyampaikan permohonan maafnya dan klarifikasi atas utas tersebut. 

 

PSSI juga menyatakan telah melaporkan kasus tersebut kepada pihak Twitter. 

 

Seperti diketahui FIFA baru saja menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Keputusan ini diambil pada Council Meeting di Shanghai, Kamis (24/10/2019). 

Dalam pemungutan suara, Indonesia mengalahkan kandidat lainnya, Peru. Sementara Brasil telah lebih dulu memilih mengundurkan diri sehari sebelum rapat dewan FIFA berlangsung. 

PSS kemudian menyampaikan keputusan ini lewat akun Twitter-nya. Akun yang sama juga membagikan pernyataan Sekjen PSSI, Ratu Tisa Destria terkait keputusan tersebut. 

"Alhamdulillah kerja keras kita membuahkan hasil. Presentasi kita dinilai dan diterima baik oleh FIFA. PSSI mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan dukungan penuh kepada PSSI," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha.

10 Stadion

Suasana tampak luar Stadion Utama Gelora Bung Karno terlihat dari Hotel Fairmont, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Laga Timnas Indonesia melawan Islandia menjadi pertandingan pertama di GBK pasca renovasi. (Bola.com/Peksi Cahyo)

PSSI sudah mengajukan sepuluh stadion dari beberapa kota untuk menggelar pertandingan turnamen Piala Dunia U-20, yang menelurkan bakat seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Antoine Griezmann, Mohamed Salah, dan masih banyak superstar dunia lainnya.

Kesepuluhyang diajukan PSSI itu yakni Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Wibawa Mukti (Cikarang), Pakan Sari (Bogor), Patriot (Bekasi), Mandala Krida (Yogyakarta) Manahan (Solo), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria sekarang berada di Shanghai, Tiongkok, untuk menghadiri FIFA Council yang salah satu agendanya memutuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Peninjauan Awal

Logo FIFA. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)

FIFA juga telah melakukan peninjauan awal untuk beberapa kota dan memberikan masukan konstruktif agar kesepuluh venue siap menggelar pertandingan sekelas Piala Dunia. Ratu Tisha dan PSSI juga sudah melakukan kunjungan ke beberapa kepala daerah untuk menyampaikan input dari FIFA terkait kesiapan kota menjadi tuan rumah.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Tunggu Antrean Ini Nyeleneh Banget, Bikin Tepuk Jidat

Posted: 24 Oct 2019 04:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan bermasyarakat, enggak bisa dipungkiri kalau mengantre termasuk di dalamnya. Contohnya, seperti membeli tiket di loket stasiun, menunggu pelayanan ketika berada di bank atau membeli sesuatu. Kamu tentu pasti pernah mengalaminya kan? 

Meski terlihat sederhana, namun budaya mengantre bisa menjadi cerminan diri seseorang. Pasalnya ketika mengantre kamu pun juga diuji kesabarannya. Berdiri di antrean yang cukup panjang yang terkadang durasinya tak sebentar tentu saja menjadi kegiatan yang menjemukan. 

Sangat menjengkelkan, jika ada seseorang yang tidak tertib dengan menyerobot antrean orang lain.  Perilaku tak tertib itu muncul karena beragam faktor, seperti ketidaksabaran, hingga lamanya waktu yang harus ditunggu.

Terlepas dari hal tersebut, ada loh cara kreatif biar kamu enggak perlu capek-capek berdiri menunggu antrean. Seperti beberapa potret di bawah ini, agar tidak kelelahan berdiri, mereka menaruh barang miliknya sebagai tanda antrean seperti sandal, helm dan barang lainnya. 

Sejumlah warganet pun mengabadikan cara unik antre yang satu ini. Penasaran seperti apa potretnya? Kira-kira kamu bisa ikut mempraktikkannya enggak ya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas 6 cara tunggu antrean yang nyeleneh, Kamis (24/10/2019) 

 

1. Kalau kayak gini jadi enggak perlu kepanasan nunggu antrean kan?

Cara Tunggu Antrean Nyeleneh (Sumber:  Twitter/@JogjaUpdate)

2. Daripada capek berdiri, pakai sendal aja sebagai tanda antrean.

Cara Tunggu Antrean Nyeleneh (Sumber: 1cak)

3. Helm dan sandal nampaknya jadi barang favorit untuk trik mengantre ya!

Cara Tunggu Antrean Nyeleneh (Sumber: 1cak)

4. Kira-kira antrean sandal ini sepanjang apaya?

Cara Tunggu Antrean Nyeleneh (Sumber: 1cak)

5. Enggak cuma sandal atau helm aja, tas juga bisa jadi tanda antrean.

Cara Tunggu Antrean Nyeleneh (Sumber: 1cak)

6. Antrean bank di India antimainstream nih, pakai batu.

Cara Tunggu Antrean Nyeleneh (Sumber: Punjabkesari.in)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liga Europa Arsenal vs Vitoria: Saatnya Bangkit

Posted: 24 Oct 2019 04:45 AM PDT

London - Arsenal tengan mendapat kritik tajam dari para fans. Hal ini menyusul hasil buruk di Liga Inggris, akhir pekan lalu. Sasaran utamanya sang manajer, Unai Emery.

Juru taktik asal Spanyol mendapat serangan bertubi-tubi dari fans Arsenal dan kalangan media di Inggris. Kekalahan 0-1 dari Sheffield United membuat usaha Arsenal merangsek ke area tiga besar klasemen, terhambat.

Sadar dengan keinginan tinggi fans, Unai Emery ingin membuat 'balasan'. Satu cara tercepat adalah bangkit. Medium tersebut datang Jumat (25/10/2019) dini hari WIB, saat Arsenal menjamu VitoriaSC, pada Matchday 3 Grup F Liga Europa 2019-2020, di Emirates Stadium.

Jika melihat catatan penampilan, tak sulit bagi Arsenal memetik kemenangan. Namun, berkaca dari hasil akhir laga kontra Sheffield United, apapun bisa terjadi, termasuk kekalahan lagi.

Karena itu, Unai Emery ingin armada Arsenal tak pernah meremehkan tim tamu. Saat ini, Vitoria de Guimaraes, nama lengkap sang tamu, berada di posisi juru kunci. Mereka belum mendapat nilai alias selalu kalah pada dua pertandingan awal.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Kans Arsenal

Gelandang Arsenal, Dani Ceballos berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Standard Liege pada lanjutan pertandingan grup F Liga Europa di Stadion Emirates, London (3/10/2019). Arsenal menang telak 4-0 atas Standard Liege. (AP Photo/Matt Dunham)

Artinya, Arsenal punya kans mengeksploitasi kelemahan lini belakang Vitoria. Arsenal harus bisa memanfaatkan dua perjumpaan secara beruntun dengan tim asal Portugal tersebut.

Emery, yang menerima kritikan fans, menganggap anak buahnya sudah melupakan kekalahan dari Sheffield. Kini, sasaran utama mereka adalah Vitoria, setidaknya untuk bangkit sebelum lanjutan Premiership akhir pekan ini.

"Dalam karierku, normal menghadapi momen seperti sekarang. Kritikan itu hal bagus, dan harus menjadi bahan evaluasi. Intinya, kami harus tampil lebih bagus lagi saat bertemu Vitoria," kata Emery.

Sang entrenador menyebut, kemenangan kontra Vitoria menjadi target pendek. Ia berharap, Arsenal bisa cepat mendapat kepastian lolos ke babak berikutnya, sehingga bisa mengatur ritme serta komposisi pemain. Saat ini, Arsenal berada di puncak klasemen Grup F dengan koleksi 6 poin.

Modal untuk menekuk Vitoria berada dalam genggaman. Selain performa lawan yang tak bagus, Arsenal punya beberapa catatan statistik penguat. Mereka tak pernah kalah dalam lima laga terakhir di rumah sendiri kontra tim asal Portugal. Arsenal sanggup mencetak 17 gol dan tak pernah kebobolan.

 

Krisis Tamu

Ini dia kemegahan Stadion Emirates, markas dari juara Piala FA 2015, Arsenal.

Kondisi berbeda 180 derajad dengan Vitoria. Armada Ivo Vieira tersebut punya catatan tak mengenakkan. Mereka gagal menang pada tujuh laga away di pentas Liga Erupa. Kali terakhir mereka menuai hasil maksimal, kala tandang ke markas Wisla Krakow, September 2015.

Walhasil, fans Arsenal bisa tersenyum ketika melihat sepak terjang tim tamu. Namun, seperti yang terjadi pada akhir pekan lalu, pasukan Arsenal wajib waspada.

Sumber: BBC, Opta

Disadur dari Bola.com (Penulis Nurfahmi Budiarto, Published 24/10/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadikan Prabowo Menhan, Jokowi: Ya Memang Pengalamannya di Situ

Posted: 24 Oct 2019 04:41 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menjelaskan alasan memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan di Kabinet Indonesia Maju. Menurut dia, Prabowo memiliki pengalaman besar di bidang tersebut.

"Ya memang pengalaman beliau, pengalaman besar beliau ada di situ," kata Jokowi saat berbicang bersama awak media di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Walaupun Prabowo adalah rivalnya di Pilpres 2019, Jokowi menjelaskan saat ini Indonesia tidak ada oposisi dan hanya ada demokrasi gotong royong. Dia menjelaskan dengan memilih menteri kali ini akan menuju sebuah koridor yang semakin ke depan.

"Kita masih menuju kepada sebuah proses demokrasi dalam bernegara ke depan. Saya kira proses kematangan, proses berdemokrasi ini memang kita, semuanya masih dalam proses, tapi saya melihat itu menuju sebuah koridor yang semakin baik ke depan," ungkap Jokowi.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turun Empat Peringkat, Peringkat FIFA Timnas Indonesia di Bawah Papua Nugini, Fiji, hingga Vanuatu

Posted: 24 Oct 2019 04:40 AM PDT

Jakarta - Hasil buruk di kualifikasi Piala Dunia 2022 membuat posisi Timnas Indonesia di peringkat FIFA melemah. Timnas turut empat tingkat dan terlempar ke peringkat 171.

Dalam keluaran terbaru yang diumumkan FIFA, Kamis (24/10/2019), Indonesia mengoleksi 975 poin, turun delapan poin dari ranking sebelumnya. Timnas Indonesia hanya unggul satu peringkat saja dari sesama negara Asia Tenggara, Kamboja, yang duduk di peringkat 172.

Lebih parah lagi, negara-negara seperti Papua Nugini dan Fiji mampu mengungguli Indonesia di daftar ranking FIFA per Oktober 2019. Bahkan Vanuatu yang pernah dibantai Indonesia 0-6 pada Juni silam masih berada di atas.

Rentetan kekalahan di ajang internasional diyakini menjadi penyebab merosotnya peringkat Indonesia di ranking FIFA. Tim Merah Putih kalah empat kali beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, termasuk kekalahan menyakitkan 2-3 dari Malaysia di Gelora Bung Karno.

Bbulan ini timnas tumbang dari Uni Emirat Arab dan Vietnam. Sebanyak 12 poin Timnas Indonesia terpangkas akibat dua hasil minor tersebut.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Vietnam Negara Asia Tenggara Terbaik

Vietnam masih menjadi yang terbaik di regional Asia Tenggara dengan mampu menempati peringkat ke-97. Ini merupakan tren positif yang terus berlanjut setelah sebelumnya mereka berada di tangga ke-99.

Thailand menyusul di bawah Vietnam dengan keberhasilan menempati ranking 109. Filipina (126) dan Myanmar (147) menguntit di bawahnya.

Berikut ranking FIFA regional Asia Tenggara:

97 - Vietnam

109 - Thailand

126 - Filipina

147 - Myanmar

158 - Malaysia

159 - Singapura

171 - Indonesia

172 - Kamboja

188 - Laos

191 - Brunei Darussalam

198 - Timor Leste

 

Sumber: FIFA

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Gregah Nurikhsani/Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 24/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Juliari Batubara yang Dipilih Menjadi Menteri Sosial

Posted: 24 Oct 2019 04:38 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan para menterinya di Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Rabu 23 Oktober 2019.

Salah satu nama yang diumumkan adalah Juliari Batubara . Dia dipercaya untuk menempati posisi Menteri Sosial.

Juliari Batubara dikenal sebagai politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia sempat menjabat sebagai anggota DPR dalam dua periode masa jabatan untuk daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I. 

Posisi politiknya dalam partai berlambang kepala banteng, Juliari menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum pada periode 2019-2024.

Dia juga pernah menjadi Ketua IV Pemberdayaan Usaha dan Masyarakat PB PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indpnesia) pada tahun 2002-2004.

Selain itu, Juliari Batubara pernah pula menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) pada tahun 2003-2011.

Berikut profil singkat Juliari Batubara yang dihimpun Liputan6.com:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Pendidikan

Politisi PDIP Ari Batubara saat tiba di Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Kedatangan Ari Batubara menyusul sejumlah tokoh yang sebelumnya datang ke Istana terkait penetapan Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Juliari Peter Batubara atau lebih dikenal Juliari Batubara lahir di Jakarta pada 22 Juli 1972. Dia resmi dilantik sebagai Menteri Sosial ke-30 oleh Presiden Jokowi Rabu, 23 Oktober 2019.

Dia menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati oleh Agus Gumiwang Kartasasmita.

Bicara soal pendidikan, Juliari menyelesaikan SD dan SMP-nya di St Franciscus Asisi, Tebet, Jakarta dari tahun 1979 hingga 1988. Sedangkan pada masa SMA, dirinya memilih bersekolah di SMAN 8 Tebet Jakarta dari tahun 1988-1991.

Juliari juga merupakan lulusan Riverside City College dan Chapman University di Amerika Serikat.

Karier Bisnis

Mensos Juliari Batubara (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Juliari juga dikenal sebagai pebisnis ulung. Hal tersebut dibuktikan dengan menduduki sejumlah jabatan penting di beberapa perusahaan. Di antaranya PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, PT Arlinto Perkasa Buana, PT Bwana Energy, dan PT Tridaya Mandiri.

Pria yang kini genap berumur 47 tahun itu juga sempat menjadi Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia ser5a dan Wakil Ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis-Bidang UMKM Kadin pada 2009-2010.

Karier Politik

Politisi PDIP Ari Batubara melambaikan tangan saat tiba di Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Kedatangan Ari Batubara menyusul sejumlah tokoh yang sebelumnya datang ke Istana terkait penetapan Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelum didapuk menjadi Menteri Sosial oleh Presiden Jokowi, Juliari aktif sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) tahun 2003-2011.

Selanjutnya pada tahun 2002 - 2004, dia menjadi Ketua IV Pemberdayaan Usaha dan Masyarakat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. 

Dirinya sempat menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Menengah 17 Agustus 1945 tahun 2003-2014, Ketua Biro Promosi dan Pemasaran KONI Pusat tahun 2007-2011.

Pada tahun 2007, Juliari juga menjadi Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (ASPELINDO) hingga 2014 dan menjadi Anggota Dewan Penasehat Masyarakat Pelumas Indonesia (MASPI) tahun 2008-2014.

Dia pernah pula menduduki posisi penting dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) pada 2009-2010. Yaitu meniadi Wakil Ketua Komite Tetap Akses Imformasi Peluang Bisnis-Bidang UMKM KADIN Indonesia.

Dan dari tahun 2010 hingga sekarang, Juliari Batubara menjadi Wakil Bendahara PDIP.  

 

(Reynaldi Hasan)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produk PMI Purna Berhasil Dapat Pesanan Ekspor RP 3 Milyar di Ajang TEI 2019

Posted: 24 Oct 2019 04:38 AM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Produk Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna binaan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menunjukkan keberhasilannya dengan mencatat penjualan mencapai Rp 3 Milliar di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2019. Perhelatan akbar yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI pada 16 - 20 Oktober 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

"Sebanyak 10 mitra binaan yang telah mengikuti pelatihan Pemberdayaan terintegrasi bagi PMI Purna dan keluarganya yang dilakukan oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) seluruh Indonesia terpilih untuk mewakili dan menampilkan beberapa produk terbaik di hadapan para pembeli besar potensial dari berbagai negara," ungkap Direktur Pemberdayaan BNP2TKI A Gatot Hermawan beberapa waktu lalu.

Gatot menjelaskan, bahwa keikutsertaan dalam pameran perdagangan internasional yang dimaksudkan untuk mendorong produk para Purna PMI binaan BNP2TKI dapat menembus pasar ekspor ke mancanegara ini sekaligus memberi fasilitasi kepada produk yang telah mampu meningkatkan daya saingnya.

"Selain melakukan penjualan sektor retail, binaan kami juga menjaring pembeli besar melalui kegiatan business matching yang mempertemukan antara PMI purna dan calon pembeli," tambah Gatot.

PMI purna binaan yang berhasil memperoleh pesanan ekspor total nilai Rp 3 Miliar yaitu Nurchaeti dengan produk kripik buah ke negara Singapore dan Dian kripik tempe ke negara China. Lalu, ada Arya accessories dengan pernak-pernik hand made yang terbuat dari batu-batuan cantik mendapatkan undangan untuk mengikuti fashion week jewelry di Jerman akhir Oktober ini.

Selain produk diatas, produk lain binaan BP3TKI dan BNP2TKI cukup banyak diminati dengan variasi produk yang ditampilkan antara lain aneka buah segar, seperti mangga, jambu, kripik dan camilan bahan organik, dompet dan peci dari bahan tapisPencapaian nilai transaksi perdagangan yang sedemikian fantastis untuk ukuran home industry diperoleh dari proses pendampingan binaan yang terpilih.

"Produk binaan yang kami hadirkan di Trade Expo Indonesia 2019 ini merupakan hasil dari pilihan dengan prioritas barang-barang yang mampu untuk diekspor dan belum pernah mengikuti pameran nasional. Selama pameran, binaan mendapatkan pendampingan dari bp3tki dan BNP2TKI," tambah Gatot.

Nurchaeti, purna Pekerja Migran Indonesia asal Jakarta eks negara Singapore dan malaysia yang pulang tahun 2013 dan bergabung di BP3TKI Jakarta sejak tahun 2105. Saat ini produknya sudah meneken kontrak dengan pembeli besar dari Singapura, setelah sebelumnya produk Nurchaeti telah beredar di negara Brunei Darussalam, Qatar, Belanda, german, Belgium dan malaysia.

"Saya sangat berterima kasih kepada BNP2TKI dan BP3TKI Jakarta khususnya yang telah memberikan fasilitasi dan pendampingan terhadap kemajuan usaha saya, sehingga produk n&n bisa dikenal oleh banyak kalangan. Disamping juga membuka jalan saya untuk bisa mendapatkan akses peningkatan kapasitas usaha dari kementerian dan instansi lain," ujarnya.

Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom Ashadi menyampaikan, apresiasi nya bahwa dengan berhasilnya PMI purna dengan meneken kontrak 3 millyar.

"Kami sangat bangga dan berharap peluang bisa diberikan juga kepada PMI purna yang lain. BP3TKI-BNP2TKI dalam hal ini pemerintah selaku pembina, bisa menjadikan ini sebagai cambuk untuk dapat lebih memfasilitasi dan mempromosikan lagi produk binaan lagi pada setiap ajang pameran baik nasional maupun internasional" pungkas Mucharom.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Sertijab Terawan Agus Putranto, Kemenkes Banjir Karangan Bunga

Posted: 24 Oct 2019 04:36 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk dokter Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan RI periode 2019-2024. Jabatan Menteri Kesehatan pun akan resmi diserahkan Nila F Moeloek kepada Terawan.

Jelang serah terima jabatan (sertijab) kepada Terawan yang akan digelar di Gedung Sujudi, Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta malam ini (24/10/2019), lebih dari 50 karangan bunga memenuhi Kemenkes.

Saat Health Liputan6.com tiba di Kemenkes, di depan Gedung Adhyatma yang bersebelahan dengan Gedung Sujudi, karangan bunga berjejer rapi dari ujung ke ujung.

Barisan karangan bunga tersebut diantaranya dari IDI wilayah Banten, Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi, Kapuskes TNI Mayjen TNI dr Bambang Dwi beserta staf.

Ada juga karangan bunga sebagai ucapan selamat dari Syafrin Liputo selaku Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Pengurus Pusat Ikatan Fisioterapi Indonesia, Mayjen TNI dr Tugas Ratmono selaku Kapuskesad, serta Brigjen Pol Musyafak selaku Kapusdokkes Polri.

Para tamu yang akan menghadiri acara serah terima jabatan Nila Moeloek - dr Terawan pun mulai berdatangan. Mobil silih berganti memasuki area Gedung Sujudi. Sejumlah petugas juga menyambut kehadiran para tamu.

Jelang serah terima jabatan menteri kesehatan dari Nila F Moeloek pada Terawan Agus Putranto, karangan bunga tampak memenuhi halaman Gedung Kemenkes. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Model Disabilitas di Panggung Jakarta Fashion Week

Posted: 24 Oct 2019 04:36 AM PDT

Model disabilitas memperagakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas memperagakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas mengenakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas mengenakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas memperagakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas memperagakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas mengenakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas mengenakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas memperagakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas memperagakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas mengenakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

Model disabilitas mengenakan busana rancangan kolaborasi Cotton Ink x Intoart yang digawangi British Council pada Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan, Kamis (24/10/2019). Kolaborasi ini menampilkan model disabilitas yang terdiri dari down syndrome, tuna daksa dan tuli. (Liputan.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Agus Bakal Perketat Kebijakan Impor

Posted: 24 Oct 2019 04:36 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mengatakan, ke depan Indonesia akan selektif dalam melakukan impor. Sebab impor akan berdampak pada perdagangan dalam negeri, misalnya stabilitas harga.

"Impor ini saya akan selektif dalam arti timing (waktu) untuk mengimpor," kata dia, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (24/10).

Sebagai contoh, Agus menyebut impor beras. Jika impor beras dilakukan pada saat Indonesia sendiri sedang panen, maka harga beras di pasaran bisa jatuh.

"Kita harus melihat jangan sampai, contohnya kita mau impor beras ternyata beras ini dalam kondisi panen. Berarti hancur harga kita. Itu salah satu produk ya. Tapi prinsipnya sama," tegas dia.

Selain itu, upaya mendorong produk subsitusi impor akan terus digalakkan. Tentu dengan tujuan agar produk impor bisa diganti dengan produk yang dihasilkan di dalam negeri.

"Kemudian kita cari subsitusi. Produk-produk yang sementara kita impor, kita harus mensubtitusi produk tersebut," ungkap Agus.

"Kalau belum ada (produk subsitusi) , kita beri pengarahan kepada dunia usaha yang memang potensi dikembangkan untuk mensubtitusi produk tersebut," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Mendag Agus Belum Bisa Usulkan Wakil Menteri

Mendag Agus Suparmanto (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejak penunjukan menteri baru untuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, beberapa menteri meminta adanya pendamping kerja dalam bentuk wakil menteri (wamen).

Seperti dilakukan Menteri BUMN terpilih Erick Thohir, yang mengusulkan 4 nama wakil menteri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satunya Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjoyo.

Namun begitu, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyatakan, dirinya belum bisa menentukan apakah bakal ikut mengajukan adanya penambahan wamen di kementeriannya.

Agus mengatakan, ia harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak kelembagaan.

"Bicara soal wamen, kita akan koordinasi dengan kelembagaan karena itu ada yang mengatur," ungkapnya di saat berjumpa dengan rekan wartawan di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

"Itu (kelembagaan) mengatur urgensinya juga. Jadi di situ saya tidak bisa putuskan sendiri," dia menambahkan.

Begitu pula saat ditanya terkait kriteria calon wakil menteri yang diinginkannya. Agus belum bisa berkomentar lebih banyak.

"Ya itu tadi, kita harus koordinasi terlebih dahulu. Jadi saya harus koordinasi dulu baru kemudian bisa menentukannya," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-Ciri Penyakit Wasir Menurut Jenisnya, Ketahui Cara Mencegahnya

Posted: 24 Oct 2019 04:35 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri penyakit wasir dapat dilihat berdasarkan jenisnya. Wasir adalah kumpulan jaringan yang meradang di saluran anus. Jaringan ini mengandung pembuluh darah, jaringan pendukung, otot, dan serat elastis.

Wasir dapat berkembang di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal). Ciri-ciri penyakit wasir mungkin bisa dilihat secara umum. Namun, dilihat dari jenisnya, ciri-ciri penyakit wasir memiliki sejumlah perbedaan.

Wasir luar adalah yang paling umum dan paling menyusahkan. Wasir menyebabkan rasa sakit, gatal-gatal parah, dan sulit duduk. Ciri-ciri penyakit wasir bisa dilihat secara fisik maupun rasa sakit yang dirasakan. Beberapa ciri-ciri penyakit wasir bisa menyebakan ketidaknyamanan.

Meskipun wasir dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan menyakitkan, mereka mudah diobati dan sangat dapat dicegah. Mengenali ciri-ciri penyakit wasir sedini mungkin bisa menurunkan risiko komplikasi lebih lanjut. Berikut ciri-ciri penyakit wasir yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(24/10/2019).

Penyebab wasir

Ilustrasi BAB (iStock)

Pembuluh darah di sekitar anus dan di rektum akan meregang di bawah tekanan dan dapat membengkak membentuk wasir. Wasir dapat berkembang dari peningkatan tekanan di rektum bawah karena:

- Mengejan terlalu keras saat buang air besar

- Diare kronis atau sembelit

- Obesitas

- Kehamilan, wasir terjadi lebih sering pada wanita hamil karena ketika rahim membesar, ia menekan pembuluh darah di usus besar, menyebabkan pembengkakan.

- Duduk terlalu lama

- Mengangkat beban berat

- Melakukan hubungan seks anal

- Makan makanan rendah serat

- Usia, wasir paling umum terjadi pada orang dewasa berusia 45 hingga 65 tahun.

- Genetika

Ciri-ciri penyakit wasir eksternal

Ilustrasi BAB (iStock)

Wasir eksternal adalah wasir yang mempengaruhi vena di luar anus. Wasir eksternal berbeda dari jenis wasir lain, sebagian besar karena lokasinya. Wasir luar menjulur keluar dari anus. Mereka cenderung menyebabkan lebih banyak rasa sakit daripada wasir internal karena bagian luar anus lebih sensitif daripada bagian dalam.

Wasir luar seringkali gatal dan mungkin menyakitkan. Orang-orang sering dapat merasakannya jika mereka menyentuh area di sekitar anus. Wasir luar biasanya sedikit lebih muda warnanya daripada kulit di sekitarnya. Berikut ciri-ciri penyakit wasir:

- Darah di feses. Darah biasanya di permukaan luar tinja dan berwarna merah terang karena biasanya keluar langsung dari wasir daripada di tempat lain di saluran pencernaan.

- Gatal atau iritasi di daerah anal

- Nyeri atau tidak nyaman

- Bengkak di sekitar anus

Ciri-ciri penyakit wasir internal

Ilustrasi BAB (iStock)

Wasir internal jauh di dalam rektum dan tidak terlihat dari luar. Mereka biasanya tidak sakit. Seringkali, tanda pertama bahwa wasir internal hadir adalah pendarahan dubur.

Mengejan kadang-kadang dapat mendorong wasir internal sehingga menjorok melalui anus. Ini disebut ambeien yang menonjol atau prolaps dan bisa terasa sakit. Berikut ciri-ciri penyakit wasir:

- Pendarahan tanpa rasa sakit selama buang air besar. Anda mungkin melihat sejumlah kecil darah merah terang saat BAB.

- Wasir yang terdorong melalui lubang anus (ambeien prolaps atau menonjol), mengakibatkan rasa sakit dan iritasi.

Wasir trombosis

Ilustrasi pintu kamar mandi (sumber: iStockphoto)

Wasir trombosis terjadi ketika kantung-kantung di saluran anus didorong ke luar anus dan terisi dengan gumpalan darah. Kondisi ini bisa merupakan lanjutan dari wasir eksternal dan internal. Wasir trombosis biasanya berwarna ungu-biru.

Ciri-ciri penyakit wasir ini terjadi ketika wasir internal atau eksternal terisi gumpalan darah. Wasir trombosis terjadi ketika pembuluh darah yang menyebabkan tonjolan di wasir mengalami pembekuan darah. Akibatnya, darah tidak dapat mengalir ke wasir, dan efeknya bisa sangat menyakitkan.

Jika darah terkumpul pada wasir eksternal dan membentuk gumpalan (trombus), kondisi ini dapat menyebabkan:

- Sakit parah

- Pembengkakan

- Peradangan

- Benjolan keras di dekat anus

Cara mencegah wasir

Cara mencegah wasir

Cara terbaik untuk mencegah wasir adalah dengan menjaga tinja tetap lunak, sehingga mudah dikeluarkan. Untuk mencegah wasir dan mengurangi gejala wasir, berikut tipsnya:

Makan makanan tinggi serat

Makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Ini membuat tinja melunak dan membantu menghindari ketegangan yang dapat menyebabkan wasir. Tambahkan serat ke dalam makanan Anda secara perlahan untuk menghindari masalah dengan gas.

Minum banyak cairan

Untuk mencegah atau menghindari wasir yang memburuk, hindari mengejan saat buang air besar. Juga, cobalah untuk menambah asupan air harian. Minum air yang cukup dapat membuat feses tidak mengeras.

Olahraga

Tetap aktif untuk membantu mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada vena, yang dapat terjadi akibat berdiri atau duduk dalam waktu lama. Olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih yangmenjadi salah satu pemicu wasir.

Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama, terutama di toilet, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Jangan menahan BAB

Jangan menahan BAB, tinja bisa mengering dan lebih sulit untuk dikeluarkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikah Berkali-kali, Ini Profil Singkat 4 Wanita di Pusaran Raja Thailand

Posted: 24 Oct 2019 04:35 AM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Pada Mei 2019, Maha Vajiralongkorn resmi diangkat menjadi raja Thailand setelah ayahnya --yang juga raja di Negeri Gajah Putih-- Bhumibol Adulyadej, mangkat pada 13 Oktober 2016.

Vajiralongkorn juga dikenal sebagai Raja Rama X. Namun, tak seperti kerajaan lainnya di dunia ini, seperti Inggris, yang kerap mendapat sorotan media.

Thailand sangat tertutup, sebab pemerintahnya memiliki undang-undang ketat untuk melarang warga dan pers menghina serta melaporkan detil keluarga kerajaan.

Akibat pembatasan tersebut, informasi mengenai Maha Vajiralongkorn relatif sedikit. Akan tetapi, ada satu hal yang bisa diketahui dengan gamblang dari raja berumur 67 tahun ini, yakni istri yang berganti-ganti.

Berikut 4 profil singkat tentang perempuan yang pernah menjadi pasangan hidup Raja Vajiralongkorn dan menjadi bagian dari Kerajaan Thailand, namun sudah diceraikan dan dicampakkan sang raja, seperti dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Soamsawali Kitiyakara

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn bersama anggota keluarga kerajaan lainnya mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). (AP Photo/Kittinun Rodsupan)

Maha Vajiralongkorn menikahi Soamsawali Kitiyakara pada awal 1970-an. Kitiyakara masih memiliki ikatan sedarah dengan Vajiralongkorn, yaitu sepupu.

Kitiyakara --yang merupakan kaum bangsawan-- adalah keponakan Ratu Sirikit, ibu kandung Vajiralongkorn. Pernikahan keduanya berawal dari perjodohan dan dikaruniai seorang buah hati: Bajrakitiyabha.

Sayangnya, bahtera rumah tangga mereka tidak bertahan lama. Raja terlibat dalam skandal perselingkuhan dengan seorang aktris. Keduanya akhirnya bercerai pada 1993.

Meski demikian, Soamsawali tetap menjadi bagian dari kerajaan. 

2. Sujarinee Vivacharawongse

Maha Vajiralongkorn memegang kepala Ratu Suthida selama penobatan Raja baru Thailand di Istana Negara, Bangkok (4/5/2019). Dalam prosesi hadir kaum Hindu Brahma. Mereka menjadi saksi transformasi Maha Vajiralongkorn, Rama X, dari manusia menjadi sosok dewa. (Photo by Thai TV Pool /Thai Tv Pool/AFP)

Desas-desus menyebut kedekatan Maha Vajiralongkorn dan aktris lokal Sujarinee Vivacharawongse sudah terendus sejak sang raja masih berstatus sebagai suami Soamsawali.

Pada 1994, usai menceraikan istri pertama, Raja Vajiralongkorn mempersunting Vivacharawongse menjadi istri keduanya. Bahkan, rumor mengatakan bahwa sang raja menjadi ayah kandung bagi lima anak dari hasil hubungan di luar pernikahan dengan bintang ini.

Vivacharawongse, yang mempunyai nama panggung Yuvadhida Suratsawadee Polpraserth, kemudian berjuluk Benz di kalangan kerajaan Thailand. 

Kisah pernikahan Vajiralongkorn dan Sujarinee tak berlangsung langgeng. Pada 1996, keduanya resmi bercerai.

3. Srirasmi Suwadee

Raja Vajiralongkorn dari Thailand (AFP)

Usai berpisah dengan Sujarinee, Maha Vajiralongkorn menikahi Srirasmi Suwadee pada 2001. Srirasmi adalah perempuan yang telah menjadi pelayan pangeran sejak dirinya berumur 22 tahun.

Keduanya sering terlihat bersama, bahkan dalam sebuah pesta ulang tahun anjing milik sang raja baru. Dalam pesta itu, Srirasmi disebut-sebut tampil telanjang.

Malangnya, biduk rumah tangga mereka bertahan hingga 2014. Tak lama setelah perceraian, wanita kelahiran 9 Desember 1971 ini dilaporkan mengundurkan diri dari keluarga kerajaan Thailand dan kembali sebagai rakyat jelata.

Raja Bhumibol Adulyadej dilaporkan telah menawarkan 200 juta baht (sekira Rp 89 miliar) untuk mengkompensasi perceraian (ketika raja masih hidup).

Sementara itu, Srirasmi harus menyerahkan anak satu-satunya, buah dari pernikahannya dengan Vajiralongkorn Pangeran Dipankorn Rasmichoti, kepada Vajiralongkorn.

4. Suthida Tidjai

Maha Vajiralongkorn mengenakan mahkota ketika dinobatkan sebagai Raja Thailand dengan gelar Rama X dari Dinasti Chakri di Istana Negara, Bangkok, Sabtu (4/5/2019). Upacara penobatan ini akan berlangsung hingga Senin, 6 Mei 2019. (Photo by Thai TV Pool /Thai Tv Pool/AFP)

Maha Vajiralongkorn menikahi Suthida Tidjai pada 1 Mei 2019. Suthida merupakan mantan komandan pejabat Royal Thai Aide-de-Camp Department.

Sementara itu, Suthida juga merupakan teman baik Vajiralongkorn. Hubungan keduanya sudah terekspos publik selama tiga tahun sebelum pernikahan.

Suthida, mantan pramugari Thai Airways, dikisahkan bertemu dengan raja dalam sebuah penerbangan. Kemudian, wanita berusia 41 tahun tersebut bergabung dengan penjaga istana pada 2013. Lalu, ia menjadi komandan unit keamanannya. 

Hingga saat ini, pasangan itu belum dianugerahi anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Jelaskan Alasan Pilih Nadiem Makarim Jadi Mendikbud

Posted: 24 Oct 2019 04:33 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan di balik dirinya memilih Founder GoJek Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2019-2024. Hal ini menjawab pertanyaan banyak pihak yang tak menyangka Nadiem akan menjadi Mendikbud.

Pasalnya, Nadiem dinilai tak memiliki latar belakang di sektor pendidikan. Menurut dia, sangat sulit untuk me-manage ratusan ribu sekolah dengan puluhan juta pelajar tanpa adanya teknologi.

"Bayangkan, mengelola sekolah, mengelola pelajar, memenajemeni guru sebanyak itu dan dituntut oleh sebuah standar yang sama," ujar Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Jokowi lalu berbicara tentang teknologi yang dapat mempermudah hal-hal yang tak mungkin menjadi mungkin. Dia meyakini Nadiem yang memiliki rekam jejak mumpuni di bidang teknologi bisa mewujudkan visi misinya di bidang pendidikan.

"Kita diberi peluang setelah ada yang namanya teknologi, aplikasi sistem, yang bisa mempermudah dan bisa membuat loncatan hal-hal yang dulu dirasa tidak mungkin, sekarang menjadi mungkin," jelasnya.

"Sebab itu kenapa dipilih mas Nadiem Makarim," sambungnya.

Jokowi mengatakan bahwa Nadiem telah bercerita banyak hal kepadanya tentang apa-apa saja yang dikerjakan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Ada peluang besar untuk, ada terobosan besar untuk melakukan itu. Itu kira-kira kurang lebihnya," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir di Tokyo Motor Show 2019, Ini yang Spesial dari Daihatsu

Posted: 24 Oct 2019 04:32 AM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Ikut memeriahkan gelaran internasional Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu Motor Company., Ltd hadir dengan tema 'Gathering: Providing warmth to everyone's live' yang memiliki makna 'Kebersamaan, menghadirkan kehangatan di kehidupan setiap orang'.

Menampilkan 9 mobil andalan, diatas booth berukuran 1.350m2 Daihatsu hadir dengan 4 concept car yang tayang perdana (world premier model) yakni IcoIco, TsumuTsumu, WaiWai, dan WakuWaku.

Menarik perhatian pengunjung di Aomi Exhibition Hall, Daihatsu menyebut keempat model tersebut merupakan line-up kendaraan masa depan. Menjadi 'public transporter,' IcoIco bisa bergerak dengan sistem otonom atau tanpa pengemudi, sehingga lebih bebas bergerak sebagai angkutan umum perkotaan.

"Booth Daihatsu di Tokyo Motor Show kali ini menggambarkan Warm Future Lifestyle yang erat kaitannya dengan peran Daihatsu untuk menciptakan hidup menjadi lebih nyaman dengan lifestyle masa depan yang penuh kehangatan, melalui kendaraan yang memberikan energi bagi masyarakat semua", kata Ichiro Otaki, GM Overseas Sales & Marketing Promotion Daihatsu Motor Company (DMC)

Menjadi mini truck compact, TsumuTsumu hadir dengan menggabungkan kabin luas dan nyaman serta dek cargo yang besar.

Daihatsu WaiWai merupakan minivan berukuran sedang yang mampu mejadi kendaraan keluarga karena memiliki ruang sangat nyaman untuk aktifitas menyenangkan bersama keluarga. Menjadi mobil konsep mini-SUV dengan tampilan cross-over, WakuWaku disebut mampu menawarkan nuansa fun saat berkendara.

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 
 

Live Performances

Dalam event internasional yang berlangsung setiap 2 tahun ini, Daihatsu juga menawarkan live performances bagi pengunjung. Tak hanya itu, tersedia juga kids corner di bagian dalam maupun depan booth.

Menjalin kolaborasi dengan Kidzania, Daihatsu menyediakan arena simulasi perakitan kendaraan, sehingga anak-anak dapat mengetahui dan menjajal merakit sebuah mobil.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Personel Elek Yo Band Jadi Menteri Kabinet Jokowi, Yuni Shara Ungkapkan Ini

Posted: 24 Oct 2019 04:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Konfigurasi kabinet Jokowi periode 2019-2024 yang dinamai Kabinet Indonesia Maju diumumkan Rabu (23/10/2019). Sejumlah nama baru memperkuat kabinet Jokowi, di antaranya personel Elek Yo Band yaitu Sri Mulyani yang tetap menjabat Menteri Keuangan dan Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri.

Kembalinya para personel Elek Yo Band memperkuat kabinet Jokowi mendapat respons dari berbagai pihak, termasuk kalangan selebritas.

Salah satunya Yuni Shara yang memberikan merespons positif. Melalui akun Instagram, Yuni Shara mengunggah fotonya bersama sejumlah menteri yang menjadi personel Elek Yo Band.

Foto itu memperlihatkan Yuni Shara bersama para personel Elek Yo Band yakni Puan Maharani, Retno Marsudi, Sri Mulyani Indrawati, Teten Masduki, dan Agus Gumiwang Kartasasmita kompak memakai kaus putih dan celana jeans.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Tak Ada yang Kebetulan

Elek Yo Band (Foto: Instagram/@yunishara36)

"Tidak ada yang kebetulan di foto ini, Karena kebetulan pun Tuhan yang menciptakannya," tulis Yuni Shara menyertai foto itu, pada Rabu (23/10/2019).

 

Ucapkan Selamat Bekerja

Elek Yo Band (Deki Prayoga/Fimela.com)

Pelantun "Mengapa Tiada Maaf" dan "Pelangi" melanjutkan, "Demikian juga dengan saya yang nyelip di antara mereka. Selamat melanjutkan tugas negara untuk Bapak dan Ibu Puan Maharani, Retno Marsudi, Sri Mulyani, Agus Gumiwang, Teten Masduki, menuju Indonesia Maju."

Seperti diketahui, Puan Maharani kini menjabat Ketua DPR RI. Agus Gumiwang Kartasasmita kembali dipercaya menjadi Menteri Perindustrian. Sementara Teten Masduki dipilih Presiden Jokowi menjabat Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Vokalis Tamu

Elek Yo Band feat Tantowi yahya dan Yuni Shara dalam konser kemanusiaan untuk gempa Palu dan Donggala. (Istimewa)

Yuni Shara sendiri diketahui pernah menjadi vokalis tamu Elek Yo Band. Pada Oktober 2018, Elek Yo Band meminang Yuni Shara untuk manggung sekaligus menggalang dana bagi korban gempa di Sulawesi Tengah.

 

Kolaborasi

Pemain bas Elek Yo Band, Budi Karya Sumadi, menjelaskan band-nya membawakan 4 lagu.

Kepada Showbiz Liputan6.com, salah satu personel Elek Yo Band, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, "Kami pernah berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi termasuk Yuni Shara, tahun lalu. Elek Yo Band terbuka untuk kolaborasi dengan penyanyi atau musisi lain. Sekarang, kan era kolaborasi."

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Momen Bahagia Rina Nose Menikah dengan Josscy di Belanda

Posted: 24 Oct 2019 04:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Rina Nose dan Josscy Vallanza Aartsen kini resmi menyandang status sebagai pasangan suami-istri. Keduanya melangsungkan pernikahan di Restaurant De Molen, NL Ankeveen, Belanda, Selasa (22/10).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Rumah Medina Zein, Bernuansa Modern Minimalis

Posted: 24 Oct 2019 04:25 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Medina Zein saat ini tengah mendapat perhatian publik. Perempuan berhijab cantik ini diketahui tengah berseteru dengan rekan bisnisnya yang juga merupakan artis ternama yaitu Irwansyah. Medina menduga bahwa Irwansyah telah menggelapkan uang atas bisnis kue kekinian mereka.

Medina Zein melaporkan suami Zaskia Sungkar tersebut ke Polrestabes Bandung pada, Jumat (18/10). Dalam laporannya Medina Zein menduga adanya aliran dana perusahaan, PT Bandung Berkah Bersama ke rekening pribadi Irwansyah sejumlah 2 Milyar Rupiah.

Sosok Medina Zein sendiri dikenal sebagai selebgram dan pengusaha muda yang sukses. Adik Ipar dari Sarah Azhari ini dipandang sebagai miliarder muda dan memiliki perusahaan yang bernama PT. Medina Global Care.

Selain itu, juga mempunyai rumah mewah nan minimalis di Bandung. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 potret rumah Medina Zein yang minimalis modern dan mewah, Kamis (24/10/2019).

1. Potret depan rumah Medina serta garasi mobilnya yang tampak sederhana.

Potret Rumah Medina Zein, Benuansa Modern dan Mewah (sumber:Instagram/medinazein)

2. Momen saat Mendina berpose di pintu masuk rumahnya yang tampak modern.

Potret Rumah Medina Zein, Benuansa Modern dan Mewah (sumber:Instagram/medinazein)

3. Kolam renang di rumah Medina Zein yang juga tampak minimalis.

Potret Rumah Medina Zein, Benuansa Modern dan Mewah (sumber:Instagram/medinazein)

4. Kesan minimalis juga hadir dari bentuk tangga dan ruangan yang terlihat luas tanpa banyak interior di dalamnya.

Potret Rumah Medina Zein, Benuansa Modern dan Mewah (sumber:Instagram/medinazein)

5. Kamar tidurnya pun cukup minimalis dengan pemakaian furnitur dengan warna-warna monokrom.

Potret Rumah Medina Zein, Benuansa Modern dan Mewah (sumber:Instagram/medinazein)

6. Gorden tirai rumah Medina Zein nampak modern dan mewah.

Potret Rumah Medina Zein, Benuansa Modern dan Mewah (sumber:Instagram/medinazein)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Penyandang Disabilitas Ini Sukses Menulis Buku dengan Satu Jari

Posted: 24 Oct 2019 04:25 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi penulis buku tak hanya membutuhkan pengetahuan yang luas, juga membutuhkan kesehatan tubuh yang ekstra.

Tapi tidak bagi seorang pria asal Singapura ini. Wesley Wee menulis buku hanya menggunakan satu ibu jari kaki untuk mengetik ke komputer miliknya. Mengetik dengan kesepuluh jari saja tak semua orang bisa. Namun Wesley tetap tekun untuk menyelesaikan tulisannya.

Terjebak di kursi roda selama 38 tahun, membuat Wesley Wee tidak bisa melakukan banyak aktivitas. Bahkan dia tidak bisa makan dan mengenakan baju sendiri.

Dilansir dari odditycentral.com, Kamis (24/10/2019), sejak lahir Wesley mengidap cerebral palsy yang sebagian otot tubuhnya tak bisa ia kendali.

Menulis buku tampaknya keluar dari ranah kemungkinan namun keterbatasan fisik tidak menghentikan ambisinya. Menghabiskan waktu lima tahun untuk menulis buku akhirnya ia menciptakan sebuah buku Finding Happines Against the Odds yang sangat inspiratif.

Menjalani kehidupan sebagai penyandang disabilitas tidaklah mudah baginya. Ia mengalami banyak kesulitan terlebih lagi ia juga mendapatkan tekanan dari orangtuanya. Ia pernah di hukum oleh ayahnya karna tidak bisa berjalan dengan menenggelamkan kepalanya ke dalam air.

Berkat bantuan sang nenek, Wesley dibawa dan dirawat olehnya. Namun kasih sayang sang nenek tak berlangsung lama karena suatu keadaan. Ia harus kembali tinggal dengan kedua orangtuanya dan kembali merasakan kekerasan fisik.

Sejak saat itu, keadannya semakin parah bahkan keadaan psikologis semakin memburuk dari sebelumnya. Wesley sempat mencoba bunuh diri dalam hidupnya. Bukan sekali tetapi empat kali.

 

Kehidupannya Berubah dan Menginspirasi Orang di Seluruh Dunia

Wesley Wee dan sang istri | Sumber Foto: facebook.com/wesley.can

Wesley kembali bangkit dengan semangat yang lebih membara dan mempunyai mimpi untuk menginspirasi banyak orang. Ia memulai menghidupi dirinya sendiri dengan menjual tisu di jalanan.

Kehidupan Wesley akhirnya berubah sejak menemukan seorang gadis asal Filipina lewat sebuah situs online. Ia ingin menikahi gadis tersebut. Dengan hasil kerja kerasnya ia mengunjungi sang kekasih dan membawanya pulang ke Singapura. mereka akhirnya menikah lima tahun lalu.

Setelah mengatasi banyak kendala, Wesley ingin berbagi pengalaman dengan orang lain. Ia mengatakan jangan pernah menyerah dengan kedaan, jika ia bisa melakukannya, orang lain pun bisa.

Ia menuangkan cerita ke dalam buku yang ditulisnya. Ia membuktikan tidak ada yang mustahil untuk dilakukan jika bersungguh-sungguh menginginkannya. Bukunya diterbitkan secara resmi pada 23 Agustus di markas google Singapura.

"saya ingin menginspirasi kehidupan orang-orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan, jangan menyerah karena apabila menyerah maka semuanya selesai". Katanya

Buku yang ia tulis menjadi inspirasi bagi orang di seluruh dunia.

Wesley masih memiliki mimpi untuk membuka usaha sepatu sendiri dan akan mengadopsi seorang anak.

 

Reporter : Yuliasna

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Risma kepada 2.640 Pelajar Surabaya di Sekolah Kebangsaan

Posted: 24 Oct 2019 04:24 AM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar Sekolah Kebangsaan yang kedua pada 2019. Kali ini berlangsung di Taman Sejarah Jalan Rajawali Surabaya, Kamis (24/10/2019).

Dalam kesempatan itu, acara diikuti sekitar 2.640 pelajar tingkat SD – SMP se-Surabaya. Acara tersebut dibuka dengan teatrikal perang yang diperankan pelajar SMP 45 Surabaya.

Teatrikal yang bertajuk "Tewasnya Peristiwa Jenderal Mallaby" itu menceritakan perjuangan arek-arek Suroboyo ketika berperang melawan sekutu. Teriakan takbir pun saling bersahutan, hingga suara petasan muncul dan menggugurkan para pemain yang sedang perang.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menyampaikan, suara petasan tadi tidaklah ada apa-apanya, dibandingkan dahulu saat para pahlawan yang sedang berperang. Dia menuturkan, dahulu saat berperang suara dentuman terdengar lebih keras dan menakutkan.

"Ibu lihat saat ada mercon tadi, banyak dari kalian menutup teliga dan ketakutan. Yang dirasakan eyang (pahlawan) kalian saat berperang malah lebih parah, karena mereka berperang sungguhan dan kalau ketembak mati beneran," kata Risma mengawali sambutannya.

Namun demikian, Risma menyebut, dahulu para pejuang tidak gentar menghadapi perang, meskipun dengan senjata seadanya. Semua itu dilakukan lantaran ingin generasi penerusnya hidup lebih sejahtera, tidak lagi dijajah, dan dapat bersekolah dengan baik. 

"Oleh sebab itu, pahlawan kita sudah berani mempertaruhkan nyawanya untuk kalian (anak cucunya). Jadi sudah selayaknya kita semua harus melanjutkan perjuangan mereka dengan baik," ujarnya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menjelaskan, untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yakni dengan cara belajar yang rajin, mencetak prestasi dengan menekuni berbagai kegiatan postif. 

Oleh karena itu, ia meminta kepada para pelajar untuk sungguh-sungguh menuntut ilmu, agar kelak menjadi manusia yang membanggakan Kota Surabaya.

"Jadi jangan buang kesempatan. Bisa bersekolah, bisa makan sehat, dan sudah mendapat nikmat yang luar biasa. Apa yang kalian suka kerjakan dengan sungguh, misalnya belajar ilmu sejarah biar besok jadi sejarawan yang hebat," pesannya.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Tidak Melakukan Kekerasan

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar Sekolah Kebangsaan yang kedua pada 2019. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Tidak hanya itu, wali kota yang juga menjabat sebagai Presiden UCLG Aspac ini berpesan kepada para pelajar agar tidak melakukan adu kekerasan dan berkelahi sesama teman. 

Sebab menurut dia, pertempuran generasi saat ini bukan lagi perang seperti zaman nenek moyang. Namun, pertempuran saat ini yang harus dilakukan adalah menjadi orang yang sukses dan dapat bersaing tingkat dunia. 

"Kalian harus bisa sukses!. Sudah tidak zaman berantem apalagi sesama teman. Harus bisa bersaing dengan anak-anak di seluruh dunia. Mengerti ya anak-anakku?," tegasnya.

Di kesempatan yang sama, ia juga berharap agar anak-anak tidak saling melakukan bullying satu sama lain. Sebab menurut dia, saat membully orang lain, sebenarnya itu sedang membully diri sendiri. Selain itu perbuatan bullying merupakan sikap yang dapat memecah belah bangsa. Oleh sebab itu, Risma terus mengingatkan agar anak-anak Surabaya bersatu dan rukun.

 "Kita harus pandai mengelola diri, jangan pernah merasa paling pintar, dan jangan harap kalian akan berhasil kalau suka mengolok-olok teman. Ingat para pahlawan bisa mengalahkan penjajah karena kekompakannya," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Hoaks Indonesia Akan Dilanda Gelombang Panas Ekstrem

Posted: 24 Oct 2019 04:23 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Indonesia yang bakal dilanda gelombang panas ekstrem, menyebar di media Salah satunya diunggah oleh akun facebook Bunda Cantik pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Dalam unggahannya, akun Bunda Cantik mengimbau masyarakat untuk menghindari aktivitas di luar rumah. Sebab dalam waktu 3 hari ke depan, gelombang panas ekstrem akan melanda Indonesia.

"Dear all, mulai besok sampai 3 hari ke depan di harapkan kurangi aktivitas di luar rumah karena cuaca panas extreme melanda Indonesia untuk 3 hari ke depan. Banyak minum air mineral dan multivitamin ya ...

Temperatur panas extreme yang terbaca oleh deteksi satelit hari ini, adalah di daerah :

Jakarta 38°CDepok 38°CSerang Banten 44°CBekasi 38°CTangerang 44°CJogjakarta 40°CMalang 44°CSolo 45°CMadiun 39°CMagelang 39°CPurworejo 40°CMadura 42°CBali 45°CLombok 43°CRiau 45°CPekanbaru 45°CBatam 42°CMakassar 43°CPare-pare dan bone 40°CPapua Nugini, nyaris mendekati 50°C

Daerah lain masih dalam pantauan mitigasi klimatologi NASA.

Jaga kesehatan, pola makan, dan banyak minum air ya, Kawan. Panas extreme pemicu dehidrasi, malaria, tifus, campak, dan pelemahan sel jaringan otak," tulis akun facebook Bunda Cantik.

Konten yang diunggah akun facebook Bunda Cantik telah 74 kali dibagikan dan mendapat 4 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Akun Twitter Resmi BMKG

Setelah ditelusuri, kabar tentang gelombang panas ekstrem yang akan melanda Indonesia ternyata tidak benar.

Fakta ini berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dikutip dari situs Liputan.com, BMKG memastikan bahwa pesan yang beredar di media sosial itu tidak benar alias hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar pesan berantai yang menyebut wilayah Indonesia akan dilanda gelombang panas ekstrem selama tiga hari ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan, pesan yang beredar di media sosial dan aplikasi Whatsapp itu tidak benar alias hoaks.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan, suhu udara di sebagian besar wilayah Indonesia saat ini memang panas, namun bukan gelombang panas. Menurutnya, gelombang panas tidak terjadi di Indonesia, melainkan di wilayah yang terletak pada lintang menengah dan tinggi.

"Suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya," kata Mulyono dalam keterangan resminya, Rabu (23/10/2019).

Mulyono menjelasan, Indonesia terletak di wilayah ekuator yang secara sistem dinamika cuaca tidak memungkinkan terjadinya gelombang panas. Berdasarkan data histori, suhu maksimum di Indonesia belum pernah mencapai 40 derajat celsius.

Data BMKG menyebut, suhu tertinggi yang pernah terjadi di Indonesia sebesar 39.5 derajat celcius pada tahun 2015 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bahkan, pada tanggal 20 Oktober 2019, terdapat tiga stasiun pengamatan BMKG di Sulawesi yang mencatat suhu maksimum tertinggi yaitu Stasiun Meteorologi Hasanuddin (Makassar) 38.8 derajat celcius, diikuti Stasiun Klimatologi Maros 38.3 derajat celcius dan Stasiun Meteorologi Sangia Ni Bandera 37.8 derajat celcius.

Suhu panas tersebut ucap Mulyono, merupakan catatan suhu tertinggi dalam satu tahun terakhir, di mana pada periode Oktober di tahun 2018 tercatat suhu maksimum mencapai 37 derajat celcius.

BMKG pun mengimbau masyarakat yang terdampak suhu udara panas ini minum air mineral yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

"Masyarakat agar mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari jika beraktivitas di luar ruangan. Serta mewaspadai aktivitas yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah-wilayah yang memiliki potensi tinggi karhutla," ujar Mulyono.

Selain itu, BMKG lewat akun twitter resminya, @InfoHumasBMKG menyebut bahwa informasi soal gelombang panas adalah hoaks.

"sore ...mimin mau update klarifikasi informasi yg beredar di sosmed tentang cuaca panas ekstrim yg melanda Indonesia....disini mimin mau jelasin melalui infografis bhw info tsb adalah tdk benar adanya, nanti mimin update lgi melalui releasenya..bijak menggunakan internet😎🙂," tulis @InfoHumasBMKG.

 

Kesimpulan

Informasi soal gelombang panas ekstrem yang akan melanda Indonesia adalah hoaks. BMKG telah membantahnya. 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cukai Rokok Naik, Ini Solusi Buat Petani Tembakau

Posted: 24 Oct 2019 04:21 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Moeldoko menerima perwakilan petani tembakau, sehari usai dilantik sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Petani yang diterima tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI).

Kepada Moeldoko, petani mengeluhkan rencana pemerintah menaikkan cukai rokok. Rata-rata kenaikan mencapai 21,56 persen, dengan kenaikan harga jual eceran (HJE) rokok rata-rata sebesar 35 persen.

"Sekarang kenaikan belum berlaku saja, permintaan tembakau sudah turun," kata Agus Setiawan, Wakil Sekjen APTI kepada Moeldoko di Kantor Staf Kepresidenan, Kamis (24/10/2019).

Dalam pertemuan itu petani mengharap pemerintah mengkaji ulang kenaikan cukai rokok. Sebab mereka merasakan penyerapan industri rokok terhadap hasil panen mereka mengalami penurunan.

"Pabrik tidak berani ambil banyak, karena mereka takut konsumsi rokok akan turun saat cukai baru berlaku," kata Agus Pamuji, Ketua Dewan Pimpinan Pusat APTI.

Para petani berharap pemerintah mau menurunkan rencana kenaikan cukai rokok sehingga dampaknya tidak terlalu besar terhadap penghasilan petani. "Silakan tetap naik, tetapi jangan sebesar itu," lanjut Agus.

Saat menerima para petani tembakau, Moeldoko didampingi Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi. Kepada petani, Moeldoko menyampaikan bahwa kenaikan itu sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 152 tahun 2019, dan sudah masuk dalam skema Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Kita cari solusi terbaik yang menguntungkan bagi petani," kata Moeldoko.

Solusi tersebut dengan menekan sebanyak mungkin impor tembakau yang selama ini masih terjadi. Dengan impor tembakau dikurangi, maka industri akan dipaksa menyerap tembakau lokal. Cara ini diharapkan bisa memberi dampak positif jangka panjang untuk petani.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

Tembakau.

Dirjen Bea Cukai juga menyampaikan bahwa pemerintah sudah menyiapkan skema Dana Bagi Hasil dari cukai rokok kepada petani tembakau. Dimana sebesar dua persen hasil cukai rokok akan kembali pada petani melalui pemerintah daerah.

"Misalnya untuk petani tembakau di Temanggung saja, nilainya bisa Rp 34 milliar," kata Heru.

Guna memastikan berbagai skema tersebut, KSP akan segera melakukan rapat koordinasi antar kementrian dan lembaga terkait. Hasil dari rapat koordinasi itu akan bisa langsung diwujudkan dalam peraturan menteri, sehingga bisa segera dilaksanakan bersamaan dengan naiknya cukai rokok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Cinta Anak Muda Episode Kamis, 24 Oktober 2019

Posted: 24 Oct 2019 04:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Drama memikat Cinta Anak Muda menjadi magnet bagi pemirsa SCTV.

Pemirsa pun bisa menyaksikan akting menawan pesineron top yang bermain dalam Cinta Anak Muda

Dan, setiap episode Cinta Anak Muda, termasuk Kamis malam ini, juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Epilepsi Ringan, Penyebab, dan Pertolongan Pertama Kejang-kejang

Posted: 24 Oct 2019 04:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala epilepsi ringan yang paling utamanya tentunya adalah kejang-kejang. Epilepsi sendiri memang bisa dikenali dengan adanya gejala kejang hingga kehilangan kesadaran pada seseorang. Epilepsi juga lebih dikenal secara umum sebagai penyakit ayan.

Epilepsi merupakan suatu gangguan sistem persarafan sentral. Di mana aktivitas dari otak bekerja menjadi abnormal. Gangguan ini dapat menyebabkan kejang atau periode di mana seseorang mengalami perilaku abnormal, sensasi abnormal, dan terkadang hilangnya kesadaran.

Gejala epilepsi ringan ditunjukkan dengan gejala kejang yang bervariasi. Sebagian orang dengan penyakit epilepsi bisa saja hanya menunjukkan tatapan kosong selama beberapa detik saat mengalami kejang. Namun beberapa orang lainnya dapat mengalami kaki atau tangan yang menyentak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/10/2019) tentang gejala epilepsi ringan.

Gejala Epilepsi atau Ayan

pertanda serangan epilepsi. (Foto: Pixabay)

Gejala epilepsi ringan seperti yang telah disebutkan sebelumnya ditandai dengan kejang. Kejang yang dialami pada gejala epilepsi ringan ini pun bervariasi. Selain kejang, gejala epilepsi ringan juga menyebabkan berbagai gejala lainnya.

Berikut beberapa gejala epilepsi yang harus kamu ketahui:

- Gemetar atau kejang, pada sebagian anggota tubuh (wajah, lengan, kaki) atau keseluruhan

- Kejang yang diikuti oleh tubuh menegang dan hilang kesadaran secara tiba-tiba, yang bisa menyebabkan orang tersebut tiba-tiba terjatuh

- Kebingungan yang sementara

- Tatapan kosong

- Gerakan menyentak yang tidak terkendali pada tangan dan kaki

- Hilangnya kesadaran

- Gejala psikologis seperti rasa takut, ansietas, dan deja vu.

- Otot kaku

Gejala epilepsi ringan tentunya harus dikenali sesegera mungkin. Saat pertama kali kamu mengalami gejala epilepsi ringan, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Jangan sampai terlambat memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi gejala epilepsi ringan tersebut membahayakan dan bertambah parah.

Penyebab Epilepsi atau Ayan

Penyebab Penyakit Epilepsi (Sumber: Pixabay)

Setelah mengetahui gejala epilepsi ringan, kamu tentunya juga perlu mengetahui tentang penyebab epilepsi itu sendiri. Dikutip dari Klikdokter, mengatakan bahwa sekitar separuh populasi pasien dengan epilepsi umumnya penyebab yang mendasarinya tidak dapat teridentifikasi. Pada separuh lainnya, kondisi ini diduga berkaitan dengan berbagai faktor, seperti:

Usia

Waktu kejadian dari epilepsi lebih sering terjadi pada usia kanak-kanak dan lanjut usia. Namun kondisi ini dapat timbul pada usia berapa pun.

Genetik

Pada sebagian besar orang, genetik hanyalah sebagian dari penyebab epilepsi. Adanya gen tertentu dapat membuat seseorang sensitif terhadap kondisi lingkungan yang dapat mencetuskan timbulnya kejang.

Trauma Kepala

Trauma kepala sebagai akibat dari kecelakaan kendaraan bermotor atau cedera lainnya dapat menyebabkan epilepsi.

Gangguan pada Otak

Gangguan pada otak akan menyebabkan terjadinya kerusakan otak, seperti tumor otak atau stroke, dapat menyebabkan terjadinya epilepsi. Stroke sendiri merupakan penyebab utama epilepsi pada orang dewasa di atas usia 35 tahun.

Gangguan Saat Kehamilan

Sebelum persalinan, janin sensitif terhadap kerusakan otak yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi dari ibu, nutrisi yang kurang baik, atau kekurangan oksigen. Ya, kerusakan otak tersebut dapat menyebabkan terjadinya penyakit epilepsi.

Lima poin di atas merupakan beberapa faktor penyebab dari muncul penyakit epilepsi yang paling sering muncul. Namun ada faktor lainnya yang menjadi penyebab penyakit ini seperti adanya infeksi pada otak, demensia, cedera kepala, dan riwayat keluarga.

Pertolongan Pertama Epilepsi

Pertolongan Pertama Epilepsi

Jika ada orang terdekat yang memiliki epilepsi, maka seharusnya kamu memahami dengan benar langkah-langkah pertolongan pertama pada kejang. Karena sebanyak 30-40 persen orang dengan ayan berisiko mengalami kejang sewaktu-waktu karena terapi perawatan yang ditawarkan tidak sepenuhnya dapat mengontrol kejang yang mereka alami.

Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan saat seseorang kejang-kejang atau mengalami gejala epilepsi:

- Jangan panik dan tetaplah bersama orang tersebut

- Hitung waktu kejang dari awal hingga akhir

- Longgarkan pakaian di sekitar lehernya

- Singkirkan benda-benda tajam dan berbahaya seperti kacamata, furnitur, hingga benda keras lainnya dari orang tersebut

- Jika ada, mintalah orang di sekitar untuk mundur dan memberi ruangan untuk orang tersebut

- Secara perlahan, baringkan orang tersebut dalam posisi miring secepat mungkin, taruh bantal (atau sesuatu yang lembut) di bawah kepalanya, dan buka rahangnya untuk membuka jalur pernapasan yang lebih baik sekaligus mencegah orang tersebut dari tersedak air liur atau muntah. Seseorang tidak bisa menelan lidahnya, tapi lidah bisa terdorong ke belakang dan menyebabkan terhalangnya jalur napas.

- Terus berkomunikasi dengan orang tersebut sehingga kamu tahu kapan mereka telah sadar.

- Setelah korban sadar, ia mungkin merasa linglung. Tetap temani dan tenangkan korban. Jangan tinggalkan korban sendirian sampai ia merasa benar-benar kembali fit.

Begitulah gejala epilepsi ringan, penyebab epilepsi, hingga pertolongan pertama saat seseorang mendadak kejang-kejang yang perlu kamu ketahui. Kamu harus ingat untuk selalu berkonsultasi ke dokter atas masalah kesehatan yang kamu alami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Melapor, Cedera Ganggu Latihan Evan Dimas dengan Timnas Indonesia U-22

Posted: 24 Oct 2019 04:15 AM PDT

Jakarta - Evan Dimas Darmono bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22. Namun, gelandang berumur 24 tahun itu belum bisa latihan maksimal akibat cedera.

Pemain Barito Putera itu telah mengikuti latihan dengan Timnas Indonesia U-22 di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Pelatih Indra Sjafri total memanggil lima pemain senior untuk TC menyambut SEA Games 2019 tersebut.

"Hari ini pertama kali saya bergabung dengan Timnas Indonesia U-22. Tapi, saya tidak bisa ikut berlatih penuh karena saya sedikit merasakan sakit di pangkal paha kanan," ujar Evan kepada wartawan.

"Jadi, saya mesti latihan terpisah dengan pelatih fisioterapi. Kalau untuk kembali berlatih mungkin saya harus diskusi dengan tim dokter dulu," tutur Evan. "Kalau sudah oke, saya akan latihan," katanya.

Evan Dimas diharapkan bisa menjadi motor serangan timnas U-22 berbekal pengalamannya di berbagai ajang. Selain Evan, empat pemain senior Timnas Indonesia U-22 lainnya ialah Hansamu Yama, Zulfiandi, Manahati Lestusen, dan Alberto Goncalves.

Nama pertama dikabarkan akan merapat pada hari ini, namun urung karena baru membela Persebaya Surabaya kontra Persela Lamongan, Rabu (23/10/2019).

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Cedera Ketika Membela Barito Putera

Gelandang Barito Putera, Evan Dimas Darmono, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (9/7/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Evan mengalami masalah pada paha kanannya saat membela Barito Putera melawan PSIS Semarang, Selasa (22/10/2019). Secara keseluruhan, kks personel Bhayangkara FC ini mengaku kondisi fisiknya tidak terganggu.

"Cedera ini saya dapatkan ketika melawan PSIS. Paha kanan saya agak tertarik saja," imbuh Evan.

"Kalau berbicara kondisi fisik, saya fit. Tidak ada masalah selain paha kanan saya," tuturnya.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Wiwig Prayugi, published 24/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Dokter Nasional, Kisah Para Pejuang Kesehatan

Posted: 24 Oct 2019 04:14 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Definisi dokter adalah seseorang yang karena keilmuannya berusaha menyembuhkan semua masalah kesehatan yang dihadapi pasiennya.

Tidak semua orang yang dapat menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Untuk menjadi dokter, diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus.

Menjadi dokter tidaklah mudah. Harus siap bekerja jam berapa pun dan kapan pun dibutuhkan. Salah satu hal terberat yang pernah dialami setiap dokter adalah kehilangan pasiennya, seperti yang dialami oleh dr. Theresia Rina Yunita.

Saksikan selengkapnya untukmu pejuang kesehatan versi dr. Theresia Rina Yunita di channel Klikdokter.com hanya di Vidio.

Saksikan video selengkapnya di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Hutan Hingga Kebocoran Sumur Gas Hambat Pencapaian Lifting Migas

Posted: 24 Oct 2019 04:14 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, pencapaian produksi minyak dan gas bumi (lifting migas)‎ siap jual tahun ini mengalami sejumlah gangguan.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, pada tahun ini terdapat sejumlah peristiwa yang mengganggu pencapaian lifting migas, yaitu rendahnya harga gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) di pasar global.

Kondisi ini membuat SKK Migas menahan penjualan LNG berdampak pada dikuranginya laju produksi gas bumi.

"‎Harga gas rendah lebih baik menyimpan gas dari pada menjual, berdampak pada mengurangi produksi berdampak pada Bontang,Tangguh dan Donggisenoro," kata Dwi, di Kantor SKK Migas, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Dwi melanjutkan, masalah berikutnya adalah kebakaran hutan di wilayah Riau. Hal ini membuat beberapa sumur migas yang berdekatan dengan lokasi kebakaran dihentikan operasinya untuk ‎menjaga keamanan.

"Kedua karena kebakaran didaerah Sumatera, produksi kita di Rokan ada beberapa kita stop dulu," tuturnya.

Dwi mengungkapkan, peristiwa kebocoran gas dan minya mentah pada sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ) juga membuat pencapaian lifting migas ‎terhambat. Sebab sumur yang dioperasikan oleh Pertamina Hulu Energi ONWJ tersebut direncanakan beroperasi pada tahun ini untuk menambah produksi migas Indonesia.

"Kejadian ONWJ, seharusnya ada tambahan produksi lifting migas tidak jadi,"tandasnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Produksi Migas Indonesia Kuartal III 2019 Capai 1,7 Juta Barel

Perusahaan-perusahaan hulu migas sering dianggap hanya berperan menyediakan pasokan energi dan menghasilkan penerimaan negara

Satuan Kerja Khusus Pelaksan Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat produksi migas siap jual (Iifting migas) Indonesia sampai kuartal III 2019 mencapai 1,7 juta barel setara minyak (Barel ‎Oil Equivalent Per Day/BOEPD).

Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffe ArizOn Suardin mengatakan rinciannya, lifting minyak sampai kuartal III 2019 mencapai ‎745 ribu barel per hari (bph) dan gas 1,050 juta BOEP.

"Capaian replacement rate ratio (tingkat pengembalian cadangan migas), target tahun ini 100 persen, realisasi 337,87 persen," kata ‎Jaffe, di Kantor SKK Migas, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Menurut Jaffe, dari hasil lifting migas kuartal III 2019 menyumbangkan penerimaan negara ‎sebesar USD 10,99 miliar. Sedangkan realisasi investasi hulu migas mencapai USD 8,4 miliar.

"‎Capaian penerimaan USD 10,99 miliar, semoga bisa lebi tinggi," tuturnya.

Pelaksana tugas harian Deputi Operasi SKK Migas Desta‎ menyebutkan 10 produsen utama minyak dan kondensat di Indonesia yaitu Mobil Cepu Limmited, Chevron Pacific Indonesia, Pertamina EP, Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina HuluEnergi OSES, Petrochina International Jabung, Medco E&P Natuna, Petronas Cari Gali, Pertamina Hulu Kalimantan Timur.

Sedangkan 10 produsen gas ‎terbesar adalah BP Berau Ltd, ConocoPhillips, PT Pertamina EP, Pertamina Hulu Mahakam, Eni Murara Bakau, JOB Pertamina Medco Tomori Sulawesi Ltd, Petrochina International Jabung, Medco E&P Natuna, Premier OilIndonesia, dan Kangean Energi Indonesia.

‎"SKK Migas berupaya terus menjaga dan meningkatkan produksi monitoring harian migas," tandsanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aktivis HAM Kritisi Menteri Kabinet Indonesia Maju

Posted: 24 Oct 2019 04:14 AM PDT

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Aksi ke-607 mengkritisi pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Susunan Wakil Menteri Sudah Selesai, dari Partai dan Profesional

Posted: 24 Oct 2019 04:13 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan akan segera melantik wakil menteri untuk sejumlah kementerian. Saat ini, susunan wamen sudah rampung dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

"Jadi, sebetulnya sudah selesai wamen ini. Ada yang dari partai, ada yang dari profesional," ujar Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Jokowi enggan menjelaskan lebih lanjut saat ditanya berapa wamen yang akan dilantik. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, yang paling penting setiap wamen memiliki kompetensi yang mendukung kerja para menteri.

"Misalnya di BUMN, kalau memang menterinya membutuhkan wamen ada 3 dan itu diperlukan. Kita tahu BUMN kita ada 140-an," ucapnya.

Jokowi menilai, yang terpenting adalah wakil menteri benar-benar bisa membantu kerja para menteri. Dia pun berharap para wamen segera dilantik.

"Jadi kita harapkan, mulai sore hari ini sudah final semuanya dan segera dilantik, secepatnya, secepatnya akan kita lantik," kata Jokowi.

Erick Thohir Ajukan 3 hingga 4 Menteri

Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 Erick Thohir tiba di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (21/10/2109). Kedatangan Erick Thohir berlangsung jelang pengumuman menteri Kabinet Kerja Jilid II oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri BUMN Erick Thohir mengajukan tiga hingga empat nama wakil menteri ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut dia, Jokowi nantinya hanya akan memilih satu atau dua nama saja untuk membantunya mengurusi perusahaan plat merah itu.

"Kita mengajukan beberapa nama, beliau menseleksi malam ini kemungkinan segera diangkat besok. Ada 3-4 nama (diajukan). Tapi kan nanti beliau milih satu dua," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Kendati begitu, dia enggan menyebut siapa saja nama yang diusulkannya ke Jokowi. Menurut Erick Thohir, orang yang mengisi posisi wakil menteri harus yang profesioal dan memiliki rekam jejak yang baik.

"Karena kita ini mengelola aset ribuan triliun. Kalau tidak profesional dan track record kurang bagus gimana rakyat bisa percaya, bagaimana juga anak buah yang dipimpin bisa percaya," tutur dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri BUMN Erick Thohir Ajukan 4 Wakil Menteri ke Jokowi

Posted: 24 Oct 2019 04:11 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengajukan tiga hingga empat nama wakil menteri ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut dia, Jokowi nantinya hanya akan memilih satu atau dua nama saja untuk membantunya mengurusi perusahaan plat merah itu.

"Kita mengajukan beberapa nama, beliau menseleksi malam ini kemungkinan segera diangkat besok. Ada 3-4 nama (diajukan). Tapi kan nanti beliau milih satu dua," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Kendati begitu, dia enggan menyebut siapa saja nama yang diusulkannya ke Jokowi. Menurut Erick Thohir, orang yang mengisi posisi wakil menteri harus yang profesioal dan memiliki rekam jejak yang baik.

"Karena kita ini mengelola aset ribuan triliun. Kalau tidak profesional dan track record kurang bagus gimana rakyat bisa percaya, bagaimana juga anak buah yang dipimpin bisa percaya," tutur dia.

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan saat ini ada sejumlah calon yang bakal diusulkan untuk mengisi posisi orang nomor dua di Kementerian BUMN tersebut.

Erick membenarkan bahwa salah satu calon, yakni Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjoyo.

Tidak Ada Visi Misi Menteri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya Presiden jokowi menggelar rapat  paripurna bersama seluruh menterinya di Istana Kepresidenan. Kepada jajarannya, Jokowi mengingatkan bahwa tak ada visi-misi menteri.

Jokowi menekankan bahwa yang ada hanyalah visi misi presiden dan wapres. Karena itu para menteri diminta untuk mengikuti visi misi presiden dan wapres.

"Tidak ada visi misi menteri. Yang ada adalah visi misi presiden dan wakil presiden. Tolong dicatat," tegas Jokowi di awal rapat di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar para menteri selalu mengingat pesannya tersebut. Sebab, kata dia, pada periode pertama pemerintahannya, ada beberapa menteri yang tak patuh dan membuat visi misi sendiri.

"Dalam lima tahun lalu ada 1,2,3 menteri yang masih belum paham. Jadi, setiap rapat baik paripurna, ratas, rapat internal, itu ada sebuah payung hukum. Kalau sudah diputuskan dalam rapat, jangan sampai di luar masih diributkan lagi," jelas Jokowi.

"Kalau sudah diputuskan, dengan segala risiko harus kita laksanakan. Kalau ada perubahan-perubahan dan kondisi tertentu, marilah kita tarik lagi dalam rapat internal atau ratas," sambung Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sertijab Menhan Prabowo Dihadiri Panglima TNI dan Mahfud Md

Posted: 24 Oct 2019 04:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Serah terima jabatan atau sertijab Menteri Pertahanan periode 2019-2024 Prabowo Subianto dengan menteri periode sebelumnya Ryamizard Ryacudu berlangsung di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis sore.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (24/10/2019), sebelum sertijab, kedatangan Prabowo di Gedung Kementerian Pertahanan disambut ratusan pejabat eselon I dan II Kemenhan.

Sertijab dilakukan dengan penandatanganan dan penyerahan memorandum dari Ryamizard ke Prabowo.

Sertijab ini turut dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menkopolhukam Mahfud Md.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo: Maaf Belum Bisa Jawab Pertanyaan, Saya Pelajari Dulu Masalahnya

Posted: 24 Oct 2019 04:08 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta maaf belum bisa menjawab pertanyaan awak media usai acara 'Kenal Pamit'. Prabowo mengaku baru beberapa jam menjabat sebagai Menhan.

"Iya maaf ya. Saya hargai semua pertanyaan. Tapi saya mohon saya baru sampaikan tadi, saya baru berapa jam serah terima jabatan, saya belum mempelajari semua masalah. Jadi saya tidak mungkin kasih jawaban yang tepat ya, perhatian pasti, pemerintah pasti memperhatikan. Menteri yang lama pasti sudah memperhatikan," kata Prabowo, Kamis (24/10/2019).

Mantan calon presiden pilpres 2019 ini mengaku akan membicarakan seluruhnya bersama staf terkait pertahanan Indonesia.

"Jadi saya terus terang saja, saya akan pelajari semua masalah dan bersama-sama kita mabes TNI, tiga angkatan staf, Menlu dan presiden sendiri kita mencari solusi yang terbaik," katanya.

"Jadi saya kira pertahanan tidak boleh terlalu banyak dipublish kan. Nggak boleh terlalu banyak di publik saya kira begitu," sambungnya.

Terkait alutsista, Prabowo mengaku kalau pemerintah sangat memperhatikan hal itu. Namun, dia mengaku akan mendalami hal tersebut.

"Pemerintah pasti sudah memperhatikan, menteri yang lama sudah memperhatikan, saya akan pelajari mana yang perlu diperbaiki, yang baik kita lanjutkan yang belum disetujui nanti minta persetujuan," pungkasnya.

Reporter: Ronald

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Pelanggaran yang Jadi Target Operasi Zebra Jaya 2019

Posted: 24 Oct 2019 04:07 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Operasi Zebra Jaya 2019 resmi digelar Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Rabu (23/10/2019) hingga Selasa (5/11/2019). Ada beberapa jenis pelanggaran yang disorot polisi salah satunya pengendara yang menggunakan handphone saat berkendara.

Agar operasi berjalan lancar, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, akan ada ribuan personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Dishub hingga Satpol PP.

"Tujuan operasi agar terwujudnya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi yang rawan kecelakaan," kata Nasir, seperti dilansir kanal Peristiwa, Liputan6.com.

Nasir berharap, operasi ini mampu membuat pengendara semakin tertib saat berkendara di jalan raya. Ada beberapa jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam operasi zebra ini.

"Operasi ini akan digelar di seluruh ruas jalan di wilayah hukum Polda Metro Jaya," katanya.

Berikut Target Operasi Zebra 2019

1. Pengendara bermotor yang tidak memiliki SIM.

2. Kendaraan bermotor roda dua atau roda empat yang tidak dilengkapi dengan STNK.

3. Pengendara yang melawan arus.

4. Tidak menggunakan helm SNI.

5. Mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan.

6. Menggunakan HP saat mengemudi.

7. Berkendara di bawah umur atau pengendara yang tidak memiliki SIM.

8. Berkendara sepeda motor berbonceng bertiga.

9. Kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan layak jalan.

10. Kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar.

11. Berkendara di bawah pengaruh alkohol.

12. Kendaraan bermotor yang memasang rotator atau sirine yang bukan perentukannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ryamizard ke Prabowo: Sesama Bis Kota Dilarang Menyalip

Posted: 24 Oct 2019 04:06 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedekatan Jenderal purnawirawan Ryamizard Ryacudu dengan Letjen purnawirawan Prabowo Subianto memang sudah tak asing. Satu angkatan di Akabri tahun 70-an, banyak hal tak dapat dilupakan mereka selama menjadi taruna militer.

"Prabowo ini kawan saya, dulu waktu taruna sama-sama satu kompi. Sama-sama dihukum. Kadang-kadang sama-sama manjat tiang listrik karena tidak bisa Sapta marga," kata Ryamizard terkekeh saat acara kenal pamit di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Ryamizard mengakui selama masa pelatihan militer, Prabowo dan dirinya banyak berulah. Karenanya, segala cerita seru antara keduanya sudah saling sama tahu dan mengerti.

"Dua tahun sama-sama satu kompi. Kebetulan kompi saya dengan Pak Prabowo nakal-nakal. Jadi kita sudah tahu lah. Isi-isi, sesama bis kota dilarang menyalip," canda Ryamizard sambil tertawa.

Selain semasa taruna, Ryamizard dan Prabowo juga diketahui meniti karier satuan yang seirama, seperti bersama sebagai Kepala Satuan Brigif atau Kasbrig dan juga sebagai Pangkostrad.

"Saya sangat bangga dengan beliau ini. Beliau Kasbrig, saya mengikuti langkahnya. Beliau Pangkostrad saya mengikuti langkahnya juga. Jadi banyak kesamaan kesamaan," kenang Ryamizard menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Santai Gista Putri Saat Liburan, Cantik dan Anggun

Posted: 24 Oct 2019 04:05 AM PDT

Gista tampaknya memang menggemari fotografi. Saat liburan ia selalu membawa kameranya. Menggunakan baju putih dan celana berwarna hitam, ia tampak sedang memotret dirinya sendiri di sebuah dinding kaca. (Liputan6.com/IG/@gistaputri)

Gista tampaknya memang menggemari fotografi. Saat liburan ia selalu membawa kameranya. Menggunakan baju putih dan celana berwarna hitam, ia tampak sedang memotret dirinya sendiri di sebuah dinding kaca. (Liputan6.com/IG/@gistaputri)

Wanita berusia 32 tahun ini memang sering tampil santai saat liburan. Barang yang wajib dibawanya adalah kamera dan kacamata hitamnya. Tampak ia sedang berpose dengan Wishnutama sambil berpegangan tangan. (Liputan6.com/IG/@gistaputri)

Wanita berusia 32 tahun ini memang sering tampil santai saat liburan. Barang yang wajib dibawanya adalah kamera dan kacamata hitamnya. Tampak ia sedang berpose dengan Wishnutama sambil berpegangan tangan. (Liputan6.com/IG/@gistaputri)

Wanita kelahiran Jakarta ini memang sangat memesona. Menggunakan pakaian serba putih dan kacamata kesayangannya, ia tampak elegan saat berjalan di Georgetown, DC. Tas kecil berwarna senada melengkapi penampilannya. (Liputan6.com/IG/@gistaputri)

Wanita kelahiran Jakarta ini memang sangat memesona. Menggunakan pakaian serba putih dan kacamata kesayangannya, ia tampak elegan saat berjalan di Georgetown, DC. Tas kecil berwarna senada melengkapi penampilannya. (Liputan6.com/IG/@gistaputri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Zumba untuk Pemula dari Putri Marino

Posted: 24 Oct 2019 04:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga adalah kebutuhan untuk semua orang, termasuk bagi Putri Marino. Pemeran film Posesif itu memilih zumba untuk mengolah tubuh.

Artis 26 tahun ini terlihat sangat antusias saat mengikuti kelas zumba di Sana Studio pada Rabu, 23 Oktober 2019. Mengenakan pakaian olahraga dengan celana ketat dan tank top ketat hitam dengan lengan terbuka, ia terlihat sangat bebas dan aktif mengikuti gerakan instruktur zumba.

Putri Marino telah mengikuti kelas zumba sejak tiga tahun lalu saat berniat menurunkan berat badannya untuk totalitas peran Lala dalam film Posesif (2017). Ia harus terlihat berbadan atletis karena dalam film tersebut wanita berdarah Bali memerankan karakter atlet renang.

"Waktu itu saya mau nurunin berat badan karena syuting, terus dikenalin zumba. Eh sampai sekarang malah ketagihan ikutan zumba," kata Putri saat diwawancarai Liputan6.com setelah melakukan zumba di Sana Studio pada Rabu, 23 Oktober 2019. "Musiknya itu bikin kita happy," kata Putri menambahkan.

Ibu satu anak itu mengaku awalnya takut ketika memulai berlatih zumba. Tapi setelah mengikuti kelasnya, ternyata zumba tidak sesusah yang orang katakan. "Kuncinya adalah, kalau niat zumba jangan banyak tanya. Datang, ikuti gerakan instrukturnya, dan nikmati musiknya," kata Putri Marino.

Tips untuk Pemula

Putri Marino sedang senam zumba (dok Liputan6.com/Ossid Duha Jussas Salma)

Baginya, momen saat zumba adalah Me Time bagi seorang ibu yang setiap hari selalu sibuk mengurus rumah, suami dan anak sepertinya. Tapi sebagai pesenam zumba yang sudah cukup lama, Putri memberikan beberapa tips untuk para pemula agar bisa mengikuti zumba secara lancar.

Paling utama adalah rutin. Putri melakukan zumba dalam seminggu sebanyak tiga kali. Ia memaksimalkan zumbanya di studio karena ada instruktur yang memberi arahan dan ia tidak sendirian, ada banyak teman-teman zumba lainnya di studio.

"Kalau rajin pasti temannya banyak. Jadi semangat zumbanya," kata Putri.

Jangan lupa mengatur pola makan. Sejak mengikuti kelas zumba, Putri mengaku tidak lagi makan goreng-gorengan. Ia juga mengurangi makanan berbahan tepung. Makanan yang diperbanyak justru sayur-sayuran dan protein. Untuk menambah tenaga, ia tetap mengonsumsi karbohidrat sehari hanya sekali.

Tips ketiga adalah terus bergerak. "Zumba itu olahraga yang tidak pernah menghakimi salah benar gerakan pesenamnya," kata istri Chicco Jerikho itu. Jadi semua orang bebas bergerak dan mengekspresikan dirinya saat sedang zumba.

Yang terakhir, jangan lupa nikmati musiknya. Karena menikmati musik bisa membuat gerakan zumba menjadi lebih luwes dan lentur. Semakin memahami tempo musik, semakin mudah Anda bergerak. (Ossid Duha Jussas Salma)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buron Kasus Penganiayaan Ninoy Karundeng Menyerahkan Diri

Posted: 24 Oct 2019 04:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - SA (36), pria yang menjadi buron atau Daftar Pencarian Orang (DPO) atas kasus pengeroyokan pegiat media sosial Ninoy Karundeng menyerahkan diri. Sebelum menyerahkan diri kepada penyidik Polda Metro Jaya, SA terlebih dahulu menyerahkan diri kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Fallah, Pejompongan, Jakarta.

"Kami dari DKM Masjid Al Falah Pejompongan beriktikad baik membawa 1 orang DPO sesuai pres rilis kemarin. Beliau DPO datang ke kami untuk menyerahkan diri," kata Ketua Harian DKM Masjid Al Falah, Ferry di Polda Metro Jaya, Kamis (24/10/2019).

SA menyerahkan diri sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu, ia datang ke Masjid Al Falah dan menemui pengurus masjid untuk meminta diantarkan ke Polda Metro Jaya.

"Jadi terduga DPO datang ke kami DKM Masjid Al Falah untuk minta diantarkan ke penyidik Resmob PMJ. Atas itikad baik itu kami hubungkan pihak kepolisian dan sekarang beliau lagi diperiksa," ujar Ferry.

Oleh karena itu, pihak DKM Masjid Al Falah langsung mengantarkan SA ke Polda Metro Jaya untuk menyerahkan diri. Karena, SA mengaku sangat menyesal dengan apa yang telah ia perbuat terhadap Ninoy Karundeng.

"Dia murni untuk datang serahkan diri untuk selesaikan proses karena ada rasa takut dan dia menyesali sebagai warga negara baik dia taat hukum dan dia berpikir hari ini waktu tepat dia serahkan diri," ucap Ferry.

Penyesalan diri itu juga langsung diucapkan SA ketika digiring masuk ke gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Metro Jaya.

"Iya," ujar SA yang memakai kaos berwarna biru dan topi cokelat sambil menganggukkan kepala.

SA (36) menjadi buronan polisi dalam kasus penganiayaan Ninoy Karundeng. Polisi menyebut SA yang berperan memberikan komando untuk melakukan penganiayaan dan intimidasi terhadap korban sampai korban dipulangkan. Dalam kasus ini total polisi sudah menetapkan 16 tersangka dalam kasus tersebut. 

 

Polisi Tegaskan Bukan Rekayasa

Relawan Joko Widodo. Ninoy Karundeng di Polda Metro Jaya. (Liputan6.com/Yopi Makdori)

Penyidik Polda Metro Jaya menegaskan kasus penculikan dan penganiayaan yang menimpa pegiat media sosial Ninoy Karundeng bukan rekayasa.

Hal itu disampaikan Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Dedi Murti, yang mengatakan ada pihak-pihak yang menyebarkan informasi hoaks yang menyebut kasus Ninoy Karundeng adalah rekayasa.

"Apabila ada pihak yang menganggap ini adalah rekayasa, kami pastikan bahwa ini tidak rekayasa," kata Dedi di Polda Metro Jaya, seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/10/2019).

Dedi mengatakan hal itu bisa dibuktikan dari alat bukti yang ditemukan polisi selama berlangsungnya proses penyelidikan dan penyidikan.

Para pelaku bahkan seolah-olah membuat propaganda kalau Ninoy Karundeng tak dianiaya dengan memaksa yang bersangkutan membuat surat pernyataan yang kemudian diviralkan di media sosial.

Bukti yang paling menguatkan fakta bahwa pengaianyaan itu memang terjadi adalah rekaman kamera closed circuit television (CCTV) di lokasi kejadian yang semula coba dihapus namun berhasil diamankan petugas.

Fakta itulah yang menjadi dasar bagi pihak kepolisian untuk menetapkan 15 orang tersangka dalam kasus tersebut.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat Kucing Peliharaannya, Pasangan Italia Ini Selamat dari Longsor

Posted: 24 Oct 2019 04:01 AM PDT

Liputan6.com, Liguria - Pasangan asal Italia bernama Claudio Piana dan Sabrina Pellegrini sangat berterima kasih pada dua kucing manisnya, karena telah membuat suara gaduh yang membangunkan mereka. Berkat hal tersebut, mereka seolah mendapat peringatan bahwa terjadi keretakan di rumah yang nantinya dilanda tanah longsor.

Dikutip dari Channel News Asia pada Kamis (24/10/2019), semua itu berawal dari badai hebat yang menyerang Italia bagian utara dan menewaskan 1 orang, serta memaksa puluhan orang diungsikan dari rumah mereka.

"Istri saya terbangun karena Simba dan Mose, kucing-kucing kami, membuat kebisingan," ujar Claudio Piana.

"Dia menyadari para kucing sedang bermain-main dengan plester yang baru mengelupas dari langit-langit. Dan ia melihat retakan pada dinding," tambahnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Kehilangan Harta tapi Tetap Bersyukur

Pasangan asal Italia bernama Claudio Piana dan Sabrina Pellegrini berterima kasih pada dua kucingnya karena telah menyelamatkan mereka dari tanah longsor. (Facebook/Sabrina Pellegrini)

Claudio dan istrinya Sabrina saat itu sedang tidur di rumahnya yang berada di wilayah Campo Ligure pada Senin, 21 Oktober 2019 malam, tepat saat hujan deras mengguyur seluruh wilayah Liguria. Saat itu, sungai-sungai meluap, menggenangi jembatan, dan memicu tanah longsor.

Mereka bahkan tidak tahu bahwa tanah longsornya sudah merusak bagian fondasi rumah mereka.

Menyadari hal tersebut, pasangan itu bergegas ke mobil untuk pergi, namun mereka ternyata terjebak oleh lautan lumpur. Setelah itu, mereka diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.

"Saudaraku menelepon dan mengatakan bahwa rumah kami sudah runtuh," kata Claudio.

Sebuah video juga terpublikasikan yang menunjukan rumah dua lantai itu sudah menjadi tumpukan puing-puing.

"Kami sudah tidak punya apa-apa. Pemadam kebakaran mengatakan kalau kita tidak mungkin bisa kembali ke rumah itu, karena terlalu berbahaya," tambahnya.

"Setidaknya Simba dan Mose bersama kami,"

 

Reporter: Windy Febriana

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menimbang Anak yang Benar untuk Ketahui Berat Badannya Cukup atau Tidak

Posted: 24 Oct 2019 04:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dokter anak spesialis nutrisi dan penyakit metabolik pada anak, Prof Dr dr Damayanti Rusli Sjarif SpA(K) mengatakan bahwa masa awal kehidupan menjadi periode krusial dalam perkembangan anak. Sebanyak 50 sampai 60 persen energi yang diperoleh si Kecil dipakai untuk perkembangan otak.

Bila asupan gizinya kurang, otak pula yang akan terkena dampak terlebih dahulu. Tidak hanya tubuh anak tak berkembang sempurna akibat asupan gizi yang tidak terpenuhi dengan optimal, fungsi kognitif anak pun terganggu.

Guna mengetahui apakah asupan gizi yang anak terima sudah optimal atau belum, salah satunya dari aktivitas menimbang di Posyandu setiap bulan. Ketika diketahui ada grafik yang menurun, bisa cepat diatasi.

Namun, seperti yang diungkapkan Damayanti, masih banyak yang keliru dalam menimbang badan anak. Petugas di Posyandu seringkali menimbang si Kecil dalam keadaan anak berpakaian lengkap.

"Menimbang yang benar berarti tidak pakai baju. Karena sekarang di Posyandu, menimbangnya pakai baju semua. Jadi, berat badannya bisa plus. Plus topi, plus sepatu, plus tas emaknya dimasukkan ke situ. Wajar saja berat," kata Damayanti dalam diskusi bersama media dengan tema Dukung Ragam Minat Generasi Alpha di Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada Kamis, 24 Oktober 2019.

Kalau seperti itu, berat badan anak pun akan kelihatan baik-baik saja. Orangtua pun jadi tak melihat apakah grafik perkembangan dan berat badan anak turun atau stabil.

Sebab, ketika tahu grafik berat badan anak menurun dan terus menurun, kader di posyandu bisa merujuk ke Puskesmas. Dokter di puskesmas akan melihat kondisi anak tersebut, karena ditakutkan ada TBC atau kondisi lainnya.

"Itu mengapa menimbang yang benar harusnya tanpa pakaian. Karena tujuan menimbang adalah untuk tahu berat anak berapa. Orangtua pun jadi tahu beratnya cukup atau tidak. Karena harus diplot di dalam grafik," ujar Damayanti.

 

Menggunakan grafik WHO

Menurut Damayanti, grafik yang dipakai di Indonesia adalah grafik dari Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) 2006. Yang merupakan standar seluruh dunia.

Sementara itu, untuk para ibu yang ingin menimbang anaknya di rumah, pastikan terlebih dahulu bahwa timbangannya sudah dikalibrasi. "Harus dikalibrasi setidaknya setahun sekali minimal," ujarnya.

Kemudian, menimbang anak harus di waktu yang selalu sama. Misal, penimbangan untuk pertama kali dilakukan di saat anak belum makan dan belum mandi, di bulan-bulan selanjutnya harus seperti itu juga.

"Kalau di bulan berikutnya anaknya sudah makan baru ditimbang, hasilnya bisa beda," kata Damayanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspiratif, Anggota Brimob Asuh 79 Anak Tidak Mampu Meski Pendapatan Pas-pasan

Posted: 24 Oct 2019 04:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ipda Rochmat Tri Marwoto (41) berhasil menarik perhatian publik. Pria yang diketahui anggota Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur ini mengasuh 79 anak tidak mampu.

Ipda Rochmat Tri Marwoto sudah lebih dari 10 tahun merawat anak-anak asuhnya. Tak hanya menyekolahkan anak asuhnya tersebut, tapi ia juga bertanggung jawab untuk kebutuhan hidup setiap anak asuhnya.

Menghidupi ke-79 anak asuhnya membuat Rochmat harus mengeluarkan biaya kehidupan sehari-hari yang tidak sedikit, seperti biaya makan. Dalam sehari Rochmat harus memasak 8 kilogram beras, belum lagi dengan lauk pauk yang akan dimasak. Dan setidaknya mengeluarkan biaya Rp 8 juta perbulan.

Meski harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, tapi Rochmat tidak pernah berhenti dengan perbuatan mulianya ini. Ia bahkan siap jika harus menyekolahkan ke 79 anaknya hingga ke perguruan tinggi .

Alasan Rochmat membantu ke 79 anak asuhnya tersebut dikarenakan, pengalaman pribadi Rochmat sendiri pada 10 tahun yang lalu. Rochmat yang diketahui saat itu berkuliah di Sekolah Tinggi Hukum (STH) di Jakarta, mengalami kesulitan dalam membiayai kuliahnya.

Ia bahkan harus menjadi tukang ojek demi mencari uang tambahan agar, memenuhi segala kebutuhannya. Karena pengalamannya inilah yang membuat Rochmat bertekad membantu anak-anak tak mampu, untuk menyekolahkan dan membiayai kehidupan mereka.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

1. Membuka Usaha untuk Penuhi Kebutuhan

Lima buah ini cocok dikonsumsi para pelaku diet karena ampuh turunkan berat badan. Penasaran? (foto: shutterstock)

Karena kebutuhan sehari-hari yang tidak sedikit, Rochmat dan sang istri mencari cara untuk mendapatkan uang lebih, salah satunya dengan membuka usaha. Rochmat dan istrinya membuka usaha, seperti perkebunan, toko kelontong dan toko buah.

2. Mendapatkan Berbagai Penghargaan

Sumber: Google

Berkat ketulusannya dalam membantu sesama, membuat Rochmat mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan. Seperti penghargaan pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP), ia juga diundang untuk makan siang bersama dengan Jenderal Polisi Tito Karnavian selaku kepala Polri.

Lalu pada Oktober 2018 lalu, Rochmat juga sempat mendapatkan penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Namun tak berselang lama penghargaan tersebut diketahui bukan penghargaan resmi dari PBB, atau organisasi di bawah PBB United Nations Children's Fund (UNICEF) ataupun United Nations Information Centre (UNIC).

3. Buah dari Ketulusan

Sumber: Google

Hal mulia yang Rochmat lakukan ternyata sudah berlangsung cukup lama, yaitu sejak tahun 2007 lalu. Bahkan anak yang diasuh oleh Rochmat ini sudah ada yang bekerja sebagai, polisi, guru, hingga pegawai bank.

Ipda Rochmat Tri Marwoto membuktikan bahwa membantu tidak harus memiliki uang yang banyak terlebih dahulu, tapi harus memiliki hati yang siap dan tulus dalam membantu.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Agus Gumiwang, Ikuti Jejak Ayah Jadi Menteri Perindustrian

Posted: 24 Oct 2019 04:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satu tahun lalu, Menteri Sosial Agus Gumiwang sempat menjadi sorotan masyarakat luas ketika menggendong seorang balita yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Beruntung, balita tersebut bisa berkumpul lagi dengan keluarganya setelah terpisah.

Satu tahun kemudian, Agus Gumiwang sudah bukan lagi Mensos, melainkan Menteri Perindustrian (Menperin) menggantikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Ada satu hal unik, bapak dari Airlangga dan Agung ternyata sama-sama pernah menjabat sebagai menteri bidang industri.

Hartarto menjadi Menteri Perindustrian pada tahun 1983-1993. Lima tahun kemudian, bapak dari Agung, yaitu Ginandjar Kartasasmita ditunjuk oleh Presiden Habibie sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri.

Menurut situs resmi Agus Gumiwang, ia menghabiskan masa remajanya di New York dan Massachusetts. Agus pernah bersekolah di Williston Northhampton High School yang berdiri tahun 1841, ia kemudian lanjut kuliah di Northeastern University.

Untuk S1 dan S2, Agus melanjutkannya di Indonesia. Ia mengambil Program Pascasarjana Magister Adminitrasi Publik 2007-2009 Universitas Pasundan (Unpas) kemudian Program Doktor Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjajaran.

Agus Gumiwang juga bertahun-tahun bekerja di DPR, terutama komisi I di tahun 1999-2004 dan 2009-2014. Politikus Partai Golkar ini lanjut menjadi anggota DPR periode 2014-2019 di Komisi VIII, III, dan XI.

Agus tak selesai menyelesaikan jabatannya di DPR. Pada Agustus 2018, Idrus Marham mundur dari posisi Mensos karena kasus korupsi.

Agus Gumiwang, rekan satu partai Idrus, menjadi pilihan Jokowi untuk mengisi jabatan Mensos yang ia jalani selama kurang-lebih satu tahun.

Kini, posisi Agus Gumiwang sebagai Kemenperin amatlah krusial mengingat Indonesia butuh industri yang kuat agar Indonesia keluar dari negara jebakan kelas menengah.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Mendag dan Menperin Diminta Copot Kepentingan Politis

Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita sebut kawasan Tangerang Raya adalah kawasan intensitas tinggi penyebaran hoaks.

Pengamat Ekonomi Bhima Yudhistira menilai, banyak pengangkatan menteri pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 yang bersifat politis.

Seperti penunjukan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, yang keduanya merupakan politikus. 

"Itu kental nuansa kepentingan politis nya dibanding kinerja profesional," ujar Bhima kepada Liputan6.com, Rabu, 23 Oktober 2019.

Sebagai informasi, Agus Suparmanto merupakan politikus berbendera Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga seorang Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) untuk masa jabatan 2018-2022.

Sementara itu, Agus Gumiwang Kartasasmita memiliki latar belakang sebagai seorang politisi Partai Golkar. Dia juga bukan merupakan orang baru di kabinet, sebab sempat menjabat menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Idrus Marham sejak Agustus 2018.

Lebih lanjut, Bhima mengimbau kepada duo Agus yang menjadi menteri agar keduanya mau melepaskan kepentingan politis, serta berfokus pada tugas barunya selaku Mendag dan Menperin.

"Ke depan tantangan makin berat, khususnya mencegah berlanjutnya deindustrialisasi dini dan mengurangi defisit neraca dagang. Karena diisi oleh politisi, isu besarnya adalah mengelola agenda politik dan profesionalitas kerja," ungkapnya.

"Harapannya, jangan sampai tahun 2022 fokus terpecah. Ada yang ngurus ekonomi ada juga yang cari dana kampanye. Itu berbahaya," imbuh Bhima.

Pengusaha Tunggu Gebrakan Duo Agus sebagai Mendag dan Menperin

Suasana pabrik PT Barata Indonesia (Persero) di Cilegon. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Menanggapi kehadiran duo Agus sebagai menteri baru yang menangani sektor riil, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) belum mau banyak berkomentar dan memilih menunggu sikap mereka dalam membuat kebijakan untuk dunia usaha.

"Dari sisi profil menteri-menteri ekonomi, background beberapa menteri baru seperti Mendag dan Menperin perlu menunjukkan kompetensi mereka dalam menjalankan fungsi jabatan menteri di bidang ekonomi," ujar Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamfani kepada Liputan6.com, Rabu, 23 Oktober 2019.

Oleh karenanya, Shinta kemudian mengimbau pelaku usaha untuk bersabar dulu dengan kondisi yang ada saat ini, sembari melihat gerak kerja Agus Suparmanto dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Jadi pelaku usaha harus wait and see bagaimana outlook mereka terhadap permasalahan yang ada saat ini. Bagaimana mereka akan engage dengan pelaku usaha dan bagaimana mereka akan melaksanakan visi-misi reformasi ekonomi ke arah yang diinginkan Presiden dan pelaku usaha dari sisi kebijakan maupun eksekusi kebijakan," tuturnya.

Shinta juga kemudian meminta kepada para menteri koordinator di bidang ekonomi seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartanto untuk dapat membimbing Mendag, Menperin, serta Kepala BKPM baru (Bahlil Lahadalia).

"Menko-menko diharapkan bisa memberikan arahan kepada menteri-menteri baru yang vital untuk pertumbuhan nasional. Khususnya Mendag, Menperin dan BKPM, agar mereka bisa bergerak lebih cepat untuk mengatasi permasalahan ekonomi kita saat ini. Yakni masalah produktifitas, efisiensi dan daya saing," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Manfaat Pakai Lampu LED yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Posted: 24 Oct 2019 04:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dari zaman ke zaman, teknologi pencahayaan terus mengalami perkembangan. Hingga saat ini, lampu LED (Light Emitting Diodes) tercatat sebagai perkembangan teknologi paling canggih di industri pencahayaan.

Melansir laman Lifehack.org, Kamis (24/10/2019), LED dikenal lebih hemat energi, dan tahan lama. Dibandingkan bola lampu pada umumnya yang tak bisa bertahan lama, lampu LED tercatat mampu bertahan hingga 60 ribu jam.

Selain itu, lampu LED kini dapat diperoleh di mana saja. Lebih lengkapnya, berikut lima manfaat menggunakan lampu LED:

1. Hemat energi

LED dikemas dengan daya yang cukup dan menghabiskan listrik 90 persen lebih rendah dibandingkan bola lampu lain. Karena hemat listrik, maka penggunaan lampu LED dapat memangkas biaya listrik di rumah Anda secara signifikan.

Dengan memanfaatkan lampu ini, Anda dapat menghemat uang dan energi sekaligus.

2. Tahan lama

Lampu LED dapat menyala hingga 60 ribu jam dibandingkan bola lampu pada umumnya yang hanya bertahan 1.500 jam. Bahkan lampu LED berteknologi lebih canggih mampu bertahan hingga lebih dari 7 tahun dengan penggunaan terus menerus tanpa diganti.

Tentu saja ketahanan ini memangkas biaya pemeliharaan rumah dengan biaya listrik yang rendah.

 

Manfaat Lain

3. Keamanan

Keamanan yang lebih terjamin merupakan manfaat mencolok lain dari lampu LED. Lampu ini hampir tidak memberikan panas, dan dapat tetap dingin dalam keadaan menyala. Lampu LED mengurangi potensi bahaya keamanan seperti api dan kebakaran.

4. Ramah lingkungan

Dibuat dari bahan non-toxic, lampu LED dikenal ramah lingkungan. Berbeda dengan neon yang dikenal menggunakan merkuri dan dapat berbahaya bagi lingkungan.

Dikenal ramah lingkungan, LED juga dapat didaur ulang.

5. Variasi warna

Menawarkan warna dasar yang bervariasi seerti merah, biru, dan putih terang membuat LED cocok menjadi pilihan. Warna-warnanya juga dapat dicampur guna menghasilkan pilihan warna yang lebih variatif.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terpeleset dari Ketinggian 15 Meter, Pekerja Tambang Kapur di Tuban Tewas

Posted: 24 Oct 2019 04:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang sopir pekerja tambang kapur tradisional di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, tewas, setelah terjatuh dari ketinggian 15 meter. Korban terpeleset saat hendak melihat lokasi batu kumbung, usai memarkirkan kendaraanya, di sekitar lokasi kejadian.

Jenazah Jasmani (39) warga Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, dibawa langsung ke rumah orang tuanya oleh warga. Korban yang terjatuh ke dalam jurang bekas galian tambang tradisional batu kumbung itu akhirnya tewas seketika. Usai terjatuh dari atas ketinggian belasan meter di lokasi tambang kapur.

Sebelumnya korban diketahui melintas dan memarkirkan kendaraan truknya, sebelum memuat batu kumbung. Namun, belum melakukan pemuatan barang, korban terpeleset di bibir jurang yang tertutup rumput kering.

Dari hasil pemeriksaan dan olah TKP polisi, diduga korban terpeleset saat berjalan di bibir jurang dan terjatuh dari ketinggian 15 meter. Sehingga korban mengalami luka parah di bagian kepala, punggung, dada dan kakinya.

Iptu Edy Purnomo, Kapolsek Semanding, juga mengatakan, penyebab kematian, karena kelalaian korban yang tidak melihat lokasi sekitarnya sehingga terpeleset di kedalaman 15 meter dan langsung meninggal dunia di TKP.

Kasus ini masih ditangani aparat kepolisian setempat. Selanjutnya warga mengevakuasi jenazah korban, dan langsung dibawa ke rumah keluarganya yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Demikian dilansir program Fokus, 23 Oktober 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maling Konyol, Jual Motor Curian ke Pemiliknya

Posted: 24 Oct 2019 04:00 AM PDT

Liputan6.com, Palembang - Seorang pemuda di Kota Palembang, Sumatera Selatan sungguh konyol. Dia menjual motor hasil curian kepada seorang mahasiswa yang ternyata pemilik asli motor tersebut.

Kapolsek Seberang Ulu II Palembang, Kompol Yenni Diarty, mengatakan, pemuda tersebut bernama Rian. Dia masuk jebakan pemilik motor setelah menjualnya di Facebook.

"Rian kami amankan saat menunggu pemilik motor, yakni Andika di Jembatan Musi IV. Rian mengaku motor tersebut dibeli dari pencuri bernama Iyan yang juga rekannya," ujar Kompol Yenni, dilansir Antara.

Kronologi bermula saat Rian dan Iyan menjual motor hasil curian tersebut di laman Facebook dengan akun bernama 'Kandang Black' milik Iyan.

Tampilan motor di Facebook tersebut dikenali oleh Andika, ia merasa jika sepeda motor itu miliknya berdasarkan ciri-ciri velg dan tabung shock belakang. Kemudian Andika berpura-pura ingin membeli bagian velgnya saja.

Lalu Andika dan Rian membuat janji bertransaksi di atas Jembatan Musi IV Palembang pada Rabu (23/10/2019). Sebelum itu, Andika melapor ke Polsek Seberangi Ulu II terlebih untuk menangkap Rian.

Rian akhirnya dibekuk polisi saat sedang menunggu Andika di atas Jembatan Musi IV Palembang. Dari tangannya polisi mengamankan bukti satu unit sepeda motor Honda Vario 150 cc warna cokelat.

Saat diperiksa, Rian membantah dirinya terlibat dalam aksi pencurian sepeda motor tersebut. Dia membeli motor itu dari Iyan dan berniat menjualnya kembali.

Adapun velg yang ingin dijualnya kepada Andika dihargai Rp500.000, polisi sendiri masih mendalami keterangan Rian.

Sementara korban pencurian, Andika, menuturkan bahwa motornya tersebut hilang pada Minggu dini hari (20/10/2019) saat parkir di depan rumah indekosnya di Jalan Ahmad Yani Lorong Arohim, Kecamatan Seberang Ulu II.

"Pukul 21.00 WIB saya ke minimarket dengan jalan kaki, ketika pulang motor masih ada lalu saya masuk ke kosan untuk main game sampai tertidur, kemudian saat saya bangun pukul 07.00 WIB motor sudah tidak ada lagi," jelas Andika yang merupakan mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Palembang.

Andika merasa beruntung karena bisa menemukan motornya kembali lewat Facebook, sementara otak pelaku pencurian, Iyan, saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisella Anastasia Ditenangkan Wijin saat Video Syur Mirip Dirinya Viral

Posted: 24 Oct 2019 04:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia diterpa kabar kurang mengenakkan. Pasalnya, baru-baru ini di dunia maya tersebar video syur mirip dengan mantan istri Gading Marten tersebut. Terkejut, Gisella Anastasia membantah bahwa itu bukan dirinya.

Gisella Anastasia sangat yakin bahwa perempuan dalam video tersebut bukanlah dirinya. Gisella Anastasia juga mengaku tidak pernah membuat video seperti itu.

"Pas tahu, walaupun seyakin-yakinnya, saya enggak pernah buat gitu. Tapi tetap, pas pertama melihat, dikasih tahu kan shock juga tetap. Kayak berapa detik tuh kayak 'Hah apa nih?' Gitu," kata Gisella Anastasia ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Sedih

Gisella Anastasia (Adrian Putra/Fimela.com)

Ketika pertama kali mengetahui hal ini, Gisella Anastasia merasa sedih. Gisella Anastasia mempertanyakan apa motivasi di balik video yang mencemarkan nama baiknya tersebut.

"Sedih, bingung gitu, kayak, 'Kenapa begini ya?' Maksudnya apa nih motivasinya, modusnya tuh apa nih begini, gitu. Karena ada yang enggak sukakah? Atau memang ada model begini zaman sekarang untuk bisnis atau untuk kepentingan apa?" ujar Gisella Anastasia.

Sikap Keluarga

Jumpa pers RISALAH CINTA RAMADAN BERSAMA ANTV (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Hal pertama yang dilakukan oleh Gisella Anastasia adalah memberikan penjelasan kepada keluarga. Untungnya pihak keluarga merespons dengan baik karena percaya bahwa perempuan dalam video syur tersebut bukan Gisella Anastasia.

"Karena kan aku tahunya dari manajemen dan dari keluarga aku kan, dari kakak sepupu. Terus akhirnya ya sudah menjelaskan dan dapat respons yang sangat baik," ucap Gisella Anastasia.

Sikap Wijin

Wijaya Saputra, kekasih Gisella Anastasia, selalu menenangkan dirinya. Pria yang akrab disapa Wijin tersebut selalu berkata hal yang baik-baik agar Gisella Anastasia tidak panik.

"Dia (Wijin) juga 'Aku tahu kamu enggak mungkin kayak gitu'. Enggak aku banget gitu, terus dia (Wijin), 'Ya sudah, yang penting sabar saja.' Pokoknya baik-baikin gitu supaya enggak panik," ungkap Gisella Anastasia.

Mendukung

Walau perempuan tersebut bukan dirinya, Gisella tetap merasa dirugikan dan membuatnya bersedih. Namun orang-orang terdekatnya selalu mendukung dan memberi semangat untuknya.

"Jadi sangat merugikan buat saya, sangat merasa terganggu, sedih, walaupun juga banyak teman-teman yang support sih. Banyak yang kasih message cuma buat mendukung," jelas Gisella Anastasia.

(Maria Advensiani/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: