Rabu, 02 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Kemenhub Minta Uji Tipe Kendaraan Listrik Digratiskan

Posted: 02 Oct 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi mengaku pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar pungutan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sertifikasi uji tipe (SUT) kendaraan listrik tidak dikenakan biaya atau lebih murah dibandingkan kendaraan konvensional.

Langkah ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari action plan terhadap Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dan merupakan salah satu langkah mendorong pelaku industri yang mengembangkan kendaraan listrik.

"Kami lagi melakukan pengusulan uji tipe. Uji tipe kita skemanya dari 0 persen sampai setengahnya. Kalau 75 juta bisa separonya mungkin 35 juta lagi kita usulkan itu. Per satu tipe," kata Budi saat ditemui di Jakarta.

Meski demikian, Budi menyerahkan semua keputusan pada Kementrian Keuangan sebagai otoritas yang menentukan besaran pengenaan biaya tersebut.

"Semua kalau bisa sih, ini kan percepatan harus satu dua bulan ini bisa diselesaikan," ujarnya.

 

Uji Tipe Harus Dilakukan

Budi menjelaskan sertifikasi uji tipe menjadi paling penting sebelum kendaraan listrik itu dipasarkan. Sebab dari hasil uji tipe tersebut nantinya dapat dipastikan kendaraan tersebut layak atau tidak diproduksi secara masal.

Setelah lulus dari sertifikasi uji tipe, maka selanjutnya para produsen kendaraan listrik akan mendapatkan registrasi sesuai sertifikasi uji tipe di awal atau yang disebut Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

SRUT ini, lanjut dia yang kemudian juga akan menentukan dikeluarkannya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dari pihak kepolisian, sehingga secara sah kendaraan bermotor tersebut layak mengaspal di jalan Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jeda untuk Iklim, Aksi Penyelamatan Lingkungan di Tengah Peliknya Konflik Politik

Posted: 02 Oct 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia saat ini seolah sedang dilanda kekacauan. Banyak isu sosial dan politik yang mencuat dan menjadi tuntutan masyarakat. Sejak akhir September 2019, perihal kinerja DPR tentang RUU Kitab Undang Hukum Pidana (KUHP), RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) hingga UU KPK diperdebatkan banyak pihak. Peliknya berbagai macam masalah konstitusional membuat salah satu masalah darurat lainnya tenggelam, yaitu soal lingkungan.

Padahal, dalam Tujuh Tuntutan Mahasiswa yang digaungkan saat demonstrasi pada 23 September lalu, ada satu poin yang menyebutkan bahwa pemerintah harus mengusut dan mengadili secara tegas pihak elit yang bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan di Indonesia.

Dari Agustus hingga September, masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan dan Sumatera menjadi pengganggu masyarakat. Banyak yang jatuh sakit hingga meninggal. Keberadaan flora dan fauna juga menjadi terancam punah.

Tak hanya terjadi di Indonesia, dunia sebenarnya tengah mengalami berbagai masalah yang memengaruhi iklim bumi. Contohnya, hutan Amazon sebagai penyedia oksigen bumi sebesar 20 persen juga terbakar. Hal ini menyebabkan semakin cepatnya perubahan iklim, seperti suhu yang semakin panas dan perubahan cuaca yang semakin sulit diprediksi.

Bukan hanya karena hutan yang terbakar, jika ditelaah lebih dalam bumi secara terus menerus melemah karena ulah manusia. Pesatnya perkembangan berbagai industri menyebabkan meningkatnya temperatur bumi. Di Indonesia, studi panel ilmiah menunjukkan proyeksi kenaikan temperatur bisa menjadi 3,92 derajat celcius pada 2100. Kenaikan suhu ini akan turut memengaruhi tingkat curah hujan yang semakin rendah.

Melihat ironi yang ada, para aktivis lingkungan dunia yang terpimpin oleh Greta Thunberg melakukan aksi mogok kerja dan sekolah besar-besaran pada 20 September 2019 dan 27 September 2019 untuk menggaungkan 'Jeda untuk Iklim' agar masyarakat dan pemerintah sadar bahwa dunia akan lenyap jika tidak diselamatkan dari sekarang. Greta, remaja berusia 15 tahun asal Swedia yang dalam setahun terakhir dengan kencang meminta tanggung jawab pemerintah untuk mengatasi krisis iklim hingga tidak mau sekolah dan aksinya kini didukung banyak pihak.

Indonesia tak luput dari aksi ini. Diketahui, aksi tersebut dilakukan oleh lebih dari 50 komunitas pencinta lingkungan hidup di Jakarta. Tak hanya di Jakarta, Jeda untuk Iklim juga dilakukan di 18 kota lainnya dari Aceh hingga Kupang. Total terdapat 185 negara yang turut serta dalam aksi ini dengan lebih dari 7,6 juta orang sebagai partisipan.

 

Komitmen Pemerintah Indonesia

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi pembicara di Forum PBB New York  (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Pada 23 September lalu, para pemimpin dunia berkumpul di kantor pusat PBB di New York, Amerika Serikat dalam acara Climate Action Summit. Acara ini bertujuan untuk menyampaikan impelemntasu program pemerintah untuk menghadapi masalah iklim yang telah disepakati pada 2015 melalui Paris Agreement.

Dalam kesepakatan tersebut, pemerintah diwajibkan untuk membatasi kenaikan rata-rata suhu global di bawah dua derajat celcius. Indonesia telah menetapkan komitmennya melalui ratifikasi Paris Agreement dengan UU Nomor 16 Tahun 2016.

"Kita tidak lagi memiliki keleluasaan maupun pilihan selain meningkatkan ambisi pengendalian perubahan iklim. Dalam menghadapi kenyataan ini, aksi iklim harus konkret dan realitis," tutur Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia dalam sambutannya pada pertemuan Paris Agreement tersebut.

Indonesia memberikan komitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29 hingga 41 persen per 2030. Komitmen ini dituangkan dalam berbagai komponen pembangunan berkelanjutan dalam sisi pangan, air dan energi.

Selain itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan dalam sambutannya di Festival Iklim Indonesia 2019 bahwa pemerintah sedang memprioritaskan kapasitas sumber daya manusia pada setiap lini kegiatan. Hal ini diharapkan agar masyarakat bisa menjalankan perannya sebagai agen perubahan, terutama dalam hal lingkungan ini.

"Khususnya untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan, Bapak Presiden menegaskan bahwa pencegahan sangat penting dalam penanganan kebakaran. Jangan sampai api membesar, kemudian berupaya untuk dipadamkan. Untuk itu, tentunya peran serta aktif SDM di tingkat tapak menjadi sangat penting," kata Siti. (Novi Thedora)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Pernikahan Anggota TNI Batal Gara-Gara Kecelakaan

Posted: 02 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang pernikahan, berbicara juga tentang hal-hal indah yang akan dilalui bersama calon istri/suami. Namun, bagaimana jika hari yang ditunggu-tunggu itu tak kunjung datang? atau justru hari membahagiakan yang dinanti-nanti itu adalah hari yang paling menyakitkan bila di ingat ?

Baru-baru ini kembali tersebar di media sosial cerita memilukan dari seorang wanita, yang batal melangsungkan pernikahannya dengan sang kekasih yang bekerja sebagai TNI. Bukan karena adanya orang ketiga, tetapi karena sang kekasih mengalami kecelakaan yang mengakibatkan nyawanya tidak dapat tertolong.

Salah satu Anggota TNI yaitu Lettu Infanteri Angga mengalami kecelakaan bersama dengan keluarganya, pada saat melewati perlintasan kereta api tanpa palang di Desa Karangkandri RT05/RW04 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Mobil yang ia kendarai tertabrak oleh kereta api dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Akibatnya Lettu Infanteri Angga harus kehilangan nyawanya pada saat dibawa ke rumah sakit terdekat. Ia mengalami pendarahan pada tulang belakang serta mengalami patah tulang.

Persiapan pernikahan yang sudah disiapkan Lettu Infanteri Angga dan kekasihnya pun harus batal karena kabar memilukan ini.

 

 

1. Undangan yang Sudah Tersebar

INSTAGRAM

Pernikahan yang akan dilangsungkan 31 Agustus 2019 lalu pun, terpaksa batal karena kejadian naas yang menimpa Lettu Infanteri Angga.

2. Mobil Hancur

Tribunnews.com

Mobilnya sehancur ini, guys.

3. Komentar Warganet

INSTAGRAM

Kisah memilukan inipun mengundang berbagai reaksi dari warganet. 

" Ceweknya depresi berat pasti" tulis salah satu akun instagram @Casabryna

Ada juga yang turut mendoakan seperti: "Semoga pasangan dan keluarganya diberi ketabahan, meski pasti sangat sedih dan kehilangan" tulis @Mrdkml

 

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Lihat Ikan Ditangkap, Pemeran Joker Joaquin Phoenix Pilih Jadi Vegan

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor Joaquin Phonix dikenal sebagai seorang penganut diet vegan selama bertahun-tahun. Baru-baru ini, pemeran Arthur Fleck di film Joker tersebut menceritakan awal mula ia memilih gaya hidup semacam itu.

Dilansir dari Men's Health pada Kamis (3/10/2019), Phoenix mengungkapkan bahwa keluarganya adalah penganut vegan. Dia menceritakan bahwa mereka memilih untuk benar-benar tidak mengonsumsi hewan, usai melihat bagaimana kejamnya cara penangkapan ikan.

Kepada Vanity Fair baru-baru ini, aktor yang menjadi tokoh utama di Joker ini menjelaskan bahwa di tahun 1977, dia dan keluarganya sedang berada di atas sebuah kapal kargo menuju Miami dari Venezuela. Saat itu, mereka sedang menghindar dari sebuah sekte keagamaan kontroversial.

Saat itu Phoenix bersama saudara-saudaranya, River, Rain, dan Liberty, melihat bagaimana cara nelayan menangkap ikan. Hewan-hewan itu diambil dari pancing untuk dilemparkan ke sebuah paku yang tertempel di dinding kapal.

Terkejut Lihat Ikan Ditangkap

Joaquin Phoenix (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Hal ini membuat keluarga itu terkejut. Mereka yang sering makan ikan sebelumnya, tidak pernah tahu darimana mereka berasal atau bagaimana hewan-hewan tersebut ditangkap.

"Saya punya ingatan yang jelas tentang wajah ibu saya," kata Phoenix.

"Saya pernah melihat wajah serupa sebelumnya, di mana dia benar-benar tak bisa berkata apa-apa karena kami berteriak kepadanya. Kenapa Anda tidak memberitahu kami tentang ikan tersebut sebelumnya? Saya ingat air mata mengalir di wajahnya, dia tidak tahu harus berkata apa," ujar aktor 44 tahun itu.

Dua bulan kemudian, seluruh anggota keluarga yang dulu bermarga Bottom tersebut, pindah ke Florida. Mereka pun memutuskan untuk menjadi penganut vegan. Gaya hidup itu dilanjutkan Phoenix hingga hari ini.

Phoenix mengakui bahwa dia lebih memilih mengonsumsi makanan sehat, namun ia mengakui tak menghindar dari makanan-makanan ringan tertentu.

"Saya tidak terlalu suka junk food. Saya tidak suka makanan olahan. Benar? Tapi saya masih bisa seperti, saya akan buka sekantung keripik," ujarnya.

Hanya saja, dia masih belum bisa berhenti merokok meski baru-baru ini mencoba terapi hipnosis.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Dukung Ponpes Gontor Genjot Ekonomi Syariah lewat Kewirausahaan

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan, penguatan ekonomi dari sektor tambang saat ini tidak lagi relevan. Ini karena turunnya harga minyak dunia.

Oleh karena itu, menurut Jusuf Kalla, penguasaan ekonomi dari sektor pertanian dan industri harus diajarkan sejak dini. Salah satu dilakukan dengan menerapkan pendidikan kewirausahaan secara syariah di pesantren, jumlah pengusaha Islam di Indonesia akan semakin banyak.

JK pun mendukung Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor untuk ikut meningkatkan kegiatan ekonomi syariah dengan mengajarkan ilmu kewirausahaan dan menerapkannya di pesantren.

JK menuturkan, Gontor yang menjadi pelopor perubahan-perubahan pesantren menjadi lebih modern, menguasai zaman, harus melanjutkan pola pendidikan yang mengajarkan tentang bagaimana belajar berusaha, mandiri lebih baik, untuk mencapai masyarakat lebih baik.

"Tentu yang harus diajarkan di sini mengenai ekonomi masyarakat, umat. Kemampuan usaha Islam memang naik, tapi orang lain jauh lebih tinggi naiknya. Jadi artinya adalah bagaimana menggerakkan ekonomi masyarakat dengan baik," kata dia.

Untuk mendorong penguasaan ekonomi Islam, JK menyarankan agar ustaz dan ustazah di sekolah pesantren untuk tidak mempersempit pengajaran ekonomi syariah.

"Ekonomi syariah itu hanya istilah. Selama dia tidak haram, ya dia syariah, dia ekonomi Islam. Karena kalau semua kita persulit ekonomi syariah itu, maka kita mempersulit kehidupan kita sendiri," tutur dia.

Wapres JK mengunjungi Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor untuk bersilaturahim dengan para pendiri, pengasuh dan santri serta meresmikan Menara Masjid Jami dan Gedung CIES Universitas Darussalam Gontor yang merupakan wakaf dari keluarga Jusuf Kalla.

 

Resmikan Pusat Studi Ekonomi Islam dan Menara Masjid Gontor

Wapres Jusuf Kalla atau JK. (Merdeka.com)

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Gedung Pusat Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dan Menara Baru Masjid Jami' Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis 3 Oktober 2019.

Rombongan Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Universitas Darussalam Gontor pada pukul 07.45 WIB dengan menggunakan helikopter Super Puma, ditemani oleh Menkominfo Rudiantara, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, dan didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dari Universitas Darussalam Gontor kemudian Wakil Presiden beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pondok Modern Darussalam Gontor dengan menggunakan transportasi darat.

Di Gontor, Wapres bersilaturahim dengan pimpinan dan pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor, di antaranya KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, KH. Hasan Abdullah Sahal, dan KH. Syamsul Hadi Abdan.

Hadir pula anggota badan wakaf dan juga ketua-ketua lembaga di PMDG. Usai pertemuan di Balai Pertemuan Pondok Modern Gontor, JK didampingi pimpinan pondok beserta jajarannya, meresmikan menara baru Masjid Jami' Pondok Modern Darussalam Gontor yang ditandai dengan ditekannya tombol peresmian serta penandatanganan prasasti peresmian menara tersebut.

Usai peresmian menara baru itu, JK langsung menuju ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor untuk menyerahkan dan meresmikan Gedung Pusat Studi Ekonomi Islam UNIDA Gontor atau Center of Islamic Economic Studies (CIES), yang pada awal peletakan batu pertamanya juga dilakukan oleh Jusuf Kalla dan Suahaeli Kalla yang mewakili dari pihak keluarga.

Gedung CIES itu akan difungsikan sebagai gedung pusat studi ekonomi Islam, pusat kajian, dan gerakan bisnis strategis yang terkait dengan pengembangan ekonomi dan manajemen. Gedung yang terdiri dari dua lantai dengan luas 52 meter x 29,5 meter tersebut, menelan dana pembangunan total sekitar Rp 11 miliar.

Seluruh pembiayaannya merupakan bantuan dari keluarga Haji Kalla. Dari Gontor, selanjutnya JK bersama rombongan terbatas direncanakan menuju ke Surabaya dengan menggunakan helikopter yang sama, untuk melantik Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur. Usai dari Surabaya, JK dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Kamis siang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Swasta, Pemerintah Gencarkan Replanting Kebun Sawit

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sinar Mas Agribusiness and Food melalui anak usahanya yang beroperasi di wilayah Riau, PT Ramajaya Pramukti menggelar penanaman kembali (replanting) perdana program peremajaan kebun kelapa sawit.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerjasama pada Februari 2019 lalu antara Koperasi Unit Desa (KUD) Makmur Lestari, PT BRI Agroniaga, Tbk serta Badan Pengelola Dana Perkebunan-Kelapa Sawit (BPDP-KS) selaku perwakilan pemerintah.

Perjanjian ini mengatur pemberian dana hibah peremajaan kebun kelapa sawit dengan total lebih dari USD 8 miliar dari BPDP-KS untuk petani kelapa sawit anggota KUD. 

Tahap pertama peremajaan telah dilakukan di kebun plasma anggota KUD Makmur Lestari di Desa Kenantan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar seluas 322 hektar (145 petani) dari total kurang lebih 32 ribu hektare (ha) kebun plasma binaan perusahaan di Riau. Program peremajaan sawit ini akan dilakukan secara bertahap dari 2019 hingga 2027 untuk seluruh wilayah Indonesia.

CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau Franciscus Costan menyatakan, saat ini tantangan yang dihadapi para petani plasma adalah tanaman yang sudah berusia tua dan pokok sudah terlalu tinggi, sehingga produktivitas menurun dan memerlukan biaya panen yang cukup tinggi.

"Dengan melakukan peremajaan kebun sawit melalui praktik agronomi yang baik, kami dapat membantu petani meningkatkan produktivitasnya tanpa harus membuka lahan baru. Mereka juga dapat bekerja sesuai standar rasio tenaga kerja dan mendapatkan upah sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu petani plasma juga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh sertifikasi ISPO yang sangat penting sebagai standar wajib tata kelola perkebunan sawit," jelas dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Program replanting merupakan bentuk dari komitmen perusahaan untuk mendukung industri kelapa sawit yang sukses dan berkelanjutan. Kesuksesan para petani adalah kesuksesan perusahaan.

Manfaat yang besar akan didapatkan oleh para petani plasma jika mereka segera bergabung dalam program ini. Saat ini kondisi harga Crude Palm Oil (Minyak Sawit Mentah) relatif rendah dan mereka dapat meminimalisir hilangnya pendapatan jika melakukan peremajaan kebun sawit sekarang juga.

Ketika tanaman memasuki masa panen nanti, produktivitasnya akan lebih tinggi karena menggunakan bibit yang lebih baik serta didukung oleh pengetahuan dan pengalaman dari para ahli di Sinar Mas Agribusiness and Food.

"Para petani tak perlu ragu untuk segera mengikuti program replanting ini, karena jika mereka cepat gabung, cepat untung," tegas Franciscus Costan.

Dorong Kemitraan Strategis

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perkebunan provinsi itu per tahun 2019, kabupaten dengan Hak Guna Usaha (HGU) kebun kelapa sawit terluas di Aceh, yakni 71,661.53 hektare. (Liputan6.com/ Rino Abonita)

Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) Rusman Heriawan berharap penanaman perdana ini bisa jadi momentum awal bagi kemitraan strategis karena program peremajaan sawit yang dimulai sejak 2016 masih kurang optimal.

"Semoga ini jadi contoh kemitraan strategis, dicontoh perusahaan lain untuk mempercepat program peremajaan sawit rakyat," jelasnya.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyambut baik terealisasinya penanaman perdana program peremajaan kelapa sawit ini sebagai upaya menjaga sawit sebagai komoditas strategis nasional tetap berkelanjutan.

"Kami sangat mendukung terlaksananya program ini dan tentu saja dukungan dari pihak perusahaan swasta sebagai mitra petani sangatlah penting. Program ini dapat meningkatkan pengetahuan serta keahlian para petani dalam praktik budidaya kelapa sawit dan memperbaiki kesejahteraan hidup mereka," ungkap Bupati Kampar.

Sementara itu petani plasma sekaligus Ketua KUD Makmur Lestari Sudirman menjelaskan bahwa kelapa sawit merupakan tulang punggung ekonomi para petani.

"Peremajaan  kebun memerlukan biaya yang besar. Dana hibah dari BPDP-KS untuk program ini sangat membantu petani khususnya anggota KUD. Hal ini tak terlepas dari peran perusahaan sebagai mitra usaha strategis yang memfasilitasi dan melakukan pendampingan proses pengajuan hingga mendapatkan dana hibah tersebut", jelas Sudirman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya Fokus Membenahi Penyelesaian Akhir

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya memiliki waktu istirahat cukup lama setelah laga melawan Borneo FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar ditunda. Seharusnya laga ini dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (2/10/2019).

Kesempatan tersebut digunakan untuk mengevaluasi dan memperbaiki beberapa kekurangan skuat Persebaya. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan mengonversi peluang menjadi gol.

Rata-rata dalam lima pertandingan terakhir, Persebaya membuat empat peluang per laga. Dari banyaknya peluang tersebut, tim berjuluk Green Force ini baru bisa mencetak delapan gol dari 5 atau 1,6 gol per pertandingan. Ini artinya Persebaya baru dapat mengonversi separuh dari jumlah peluang yang didapatkan per laga.

Pelatih kepala Persebaya Wolfgang Pikal memahami kekurangan skuatnya. "Lini depan kita memang masih lemah, kita banyak menciptakan peluang tapi masih kurang dalam mencetak gol," tutur Pikal di Surabaya seperti dikutip dari laman resmi klub, Kamis (3/10/2019).

 

Sejumlah Faktor

Pemain Persebaya Surabaya merayakan gol yang dicetak Oktafianus Fernando ke gawang Bhayangkara FC pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (31/8). Persebaya menang 2-0 atas Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)

Menurut Pikal, ada beberapa faktor yang membuat barisan penyerang Persebaya kurang optimal. "Bisa jadi karena koordinasi winger, striker, dan midfielder yang masih kurang. Tetapi perlu diingat, kita baru berlatih bersama sekitar dua minggu, jadi masih butuh waktu lagi untuk mematangkan skema," ucap pelatih asal Austria tersebut.

Jika dilihat dari torehan gol sebenarnya, Persebaya tidak bisa dikatakan seret gol. Hingga pekan ke 21, Persebaya menempati urutan keempat dari daftar tim yang paling produktifl, setelah Tira Persikabo, Arema FC, dan Madura United.

Total 32 gol sudah disarangkan Bajol Ijo ke gawang lawannya. "Sebetulnya sudah terlihat karakter permainan yang kita harapkan, yaitu agresif, tidak kenal lelah dan ofensif," ucap Pikal.

"Kita juga bisa membuat banyak goal chance, hanya perlu diasah untuk penyelesaian akhir. Justru Yang bahaya jika kita tidak bisa menciptakan peluang," tutup mantan asisten pelatih Timnas Indonesia itu.

 

Klasemen Shopee Liga 1 2019

Untuk klasemen lengkap Shopee Liga 1 2019, silakan klik di sini...

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mahasiswa Kelautan ITS Surabaya Gelar Lomba Robot Bawah Air

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meluncur dan membawa ring ke garis finish, seperti inilah perlombaan robot bawah air yang diikuti oleh siswa tingkat menengah atas dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kriteria perlombaan sendiri yakni untuk mencapai garis finish. 

Sejumlah rintangan disiapkan untuk menghadang, tantangan bagi peserta yakni membawa ring dengan robot di bawah air, hingga ditaruhnya ke sebuah tempat di garis finish.

Berbagai kesiapan dilakukan oleh para peserta sebelumnya. Mulai dari merakit robot, memberi dinamo hingga memberi kamera yang  bisa dilihat di dalam air, dengan pilot menghadap ke belakang, dan memantau langsung dengan monitor.

Ketua Panitia, Muhammad Amril,mengatakan,  kegiatan ini meningkatkan kecintaan pada dunia maritim, dan pengenalan teknologi bawah air. Penilaian dari kontes robot yakni semua robot bawah air harus melewati rintangan, yang telah disediakan panitia dengan membawa ring di robotnya dan ditaruh di dekat garis finish.

"URC (Underwater Robotic Competition) yang merupakan rangkaian dari OCEANO, yaitu Ocean Engineering Exhibition and Competition yang merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Teknik Kelautan ITS Surabaya, dengan tujuan untuk mengenalkan teknologi robot bawah air bagi siswa SMA dan SMK, serta untuk mengembangkan minat dan bakat mereka," ujar dia.

Kontes ini diikuti oleh 28 tim, terdiri dari 8 sekolah di Jawa Timur dan pemenang dari kontes ini akan diikutkan ke jenjang nasional, bahkan hingga tingkat internasional. Ajang tahunan yang digelar mahasiswa Kelautan Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa SMA.

Berikut video liputannya dalam program Fokus, Selasa 1 Oktober 2019, yuk simak videonya.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Cepat Lulus dari Barista Kota Daeng: Rajin ke Kampus dan Ngopi

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Budaya minum kopi telah berhasil menembus lintas generasi. Bahkan sudah menjadi gaya hidup (lifestyle) masyarakat, baik di desa maupun di kota. Dari orang tua, mahasiswa, pelajar, hingga milenial makin menggandrungi kopi.

Kota Makassar sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Selatan yang juga pintu masuk Kawasan Timur Indonesia (KTI) tak luput dari jalur kopi Nusantara.

Dalam sejarahnya, sekitar abad 16, Kota Daeng pernah jadi pusat perdagangan kopi di bagian Indonesia timur. Kota itu menjadi lalu-lintas komoditi kopi jenis Arabika dan Robusta dari Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, dan Luwu.

Selain nikmat, ternyata kopi bisa menyatukan berbagai hambatan dalam bersosialisasi, bahkan banyak yang meyakini kopi mampu mempercepat preses studi di bangku kuliah.

Wahyu, barista Kopi Kampus di Universitas Negeri Makassar (UNM) kepada Liputan6.com, Selasa (1/10/2019) mengatakan, kenikmatan kopi bukan hanya cita rasa dan aroma, tapi juga cerita keakraban yang dihasilkannya. 

Bersama Sem dan Namnam, Wahyu merintis usaha kopi di kampus UNM. Mereka membeli satu per satu alat peracik kopi, termasuk mobil bekas Volkswagen kombi sebagai tempat berjualan. Kopi Kampus kini sudah mejeng di samping eks gedung rektorat UNM.

Wahyu meyakini, saat ini bisnis kopi termasuk kedai kopi sudah menembus lintas batas dan bergerak dinamis di dalam ruang kota. Seiring gaya hidup mahasiswa dan kaum milenial, kopi bukan hanya rasa tapi keakraban.

"Kami hadir dengan pesan filosofi kopi untuk memacu semangat mahasiswa. Maka itu lahirlah tagline kami dengan pesan berdialek lokal 'Kalau Mauko Cepat Sarjana Kopi Kampus' dan Alhamdulillah kami eksis hingga hai ini," katanya.

 

Barista Kota Daeng

Foto: Ahmad Yusran/ Liputan6.com

Meski mengaku tak pernah mengenyam pendidikan tinggi, apalagi bersentuhan dengan pendidikan barista, nama Wandi, di kota Makassar begitu erat dengan kopi.

Satu-satunya perkenalan dengan kopi terjadi saat dirinya berguru sebagai pramusaji kopi dan belajar meracik kopi di Warkop Dottoro Haji Naba di Jalan Tinumbu, Kecamatan Ujung Tanah.

"Hingga kini 12 tahun saya berkiprah dalam dunia warung kopi. Awalnya di Lorong 155 Jalan Tinumbu, di Warkop Dottoro. Kemudian Warkop Sija hingga di Warkop 52 di Jalan Onta, Kecamatan Mamajang," jelas pemilik nama lengkap Ariwandi ini kepada Liputan6.com, Selasa (1/10/2019).

Menurut Wandi, menjadi barista tak semudah yang dibayangkan. Racikan kopi harus punya ukuran, dan tidak sekadar disiram air panas lalu diberi susu kental. Apalagi sesuai selera penikmat kopi ala Kota Daeng.

Berbekal pengalaman belajar dari warkop ke warkop di kota Makassar, Wandi kini menjadi barista andalan Kota Daeng Makassar. Bahkan dirinya pernah diundang ke Kota Berau, Kalimantan Timur, hanya untuk meracik kopi disajikan kepada sebanyak 700 orang atau 700 cangkir.

 

 

Institut Kopi di Sulsel

Sejarah kopi di Sulawesi Selatan diawali dari cerita tentang penjajahan Belanda yang menjadikan biji kopi sebagai komoditas utama perkebunan saat itu. Hasil panennya kemudian dibawa ke Eropa, dan terjadi ekspor besar-besaran oleh VOC melalui pelabuhan di Kota Makassar.

Pembentukan Institut Kopi pastinya punya tujuan agar masyarakat petani bisa mengelola kopi dengan profesional dan dapat berinovasi.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman sempat memaparkan terkait kebijakan terkait sektor komoditi kopi dan potensinya di Sulsel.

Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat dunia, setelah Brazil, Vietnam, dan Colombia dengan produksi 651 ribu ton biji kopi atau 8,9 persen dari produksi dunia. 

Sedangkan Sulawesi Selatan, menurutnya merupakan sentra pengembangan jenis kopi arabika dan robusta dari Toraja dan Kalosi.

"Luas perkebunan kopi nasional di Sulsel 12,5 persen. Produksi kopi robusta 9.804 ton dan kopi arabika 21.994 ton. Kami punberharap, produk kopi untuk dipromosikan dengan baik, seperti dipajang di kedutaan-kedutaan, serta harus ada gerakan membantu masyarakat petani terutama dalam kesejateraan mereka," jelas Amran Sulaiman.

Selain edukasi melaluimenstimulasi petani, agar tidak langsung melepas ke pasar saat panen. Tidak kalah pentingnya adalah, bagaimana promosi dan mengemas produk yang ada dengan baik.

"Selain itu yang harus diperhatikan adalah nilai kesehatan dari kopi. Bukan hanya kuantitas produk, tetapi kualitas produk juga harus diperhatikan," katanya menambahkan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korea Utara Mengonfirmasi Telah Uji Coba Rudal Kapal Selam

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara mengonfirmasi telah melakukan uji coba rudal balistik yang mampu diluncurkan dari kapal selam pada Rabu 2 Oktober 2019 kemarin.

Rudal, yang mampu membawa senjata nuklir, adalah uji coba ke-11 Korut tahun ini.

Misil itu ditembakkan dari anjungan di laut, mampu diluncurkan dari kapal selam.

[bacajuga:Baca Juga](4076595 0 0)

Rudal dengan kapabilitas kapal selam adalah penting karena itu berarti Korea Utara dapat meluncurkan rudal jauh di luar wilayahnya.

Menurut pejabat Korea Selatan, rudal itu terbang sekitar 450 km dan mencapai ketinggian 910 km sebelum mendarat di laut. Salah satunya jatuh di zona ekonomi eksklusif Laut Jepang dan memicu kecaman dari Perdana Menteri Shinzo Abe, demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (3/10/2019).

Itu berarti rudal terbang dua kali lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), tetapi tes rudal Korea Utara sebelumnya telah lebih tinggi.

Tes terbaru dilakukan beberapa jam setelah Korea Utara mengatakan perundingan nuklir dengan AS akan dilanjutkan.

Kata Korea Utara

Bendera Korea Utara (AFP)

Rudal diluncurkan dari laut pada 07:00 Rabu 2 Oktober (22:00 GMT Selasa), sekitar 17 km timur laut kota pesisir Wonsan.

Kantor berita Korea Utara KCNA mengatakan pada hari Kamis bahwa rudal itu adalah uji coba Pukguksong-3 yang ditembakkan pada sudut tinggi, yang dirancang untuk "mengandung ancaman eksternal dan meningkatkan pertahanan diri".

Ditambahkannya, "tidak ada dampak buruk pada keamanan negara-negara tetangga."

Tidak seperti tes sebelumnya, tidak ada foto pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat peluncuran.

Dalam 10 uji coba rudal sebelumnya yang dilakukan tahun ini, hanya proyektil jarak pendek yang ditembakkan.

Jika rudal diluncurkan pada lintasan standar, alih-alih yang vertikal, ia dapat menempuh jarak sekitar 1.900 km. Itu akan menempatkan semua Korea Selatan dan Jepang dalam jangkauan.

Tetapi diluncurkan dari kapal selam dapat membuat rudal lebih sulit untuk dideteksi, dan memungkinkan mereka untuk lebih dekat ke sasaran lain.

Kapal selam kelas Romeo yang ada di Korea Utara, yang dibangun pada 1990-an, diyakini memiliki jangkauan sekitar 7.000 km, kata kantor berita Reuters.

Ini akan memungkinkan perjalanan satu arah ke dekat Hawaii, Negara Bagian AS di Pasifik.

Namun, kapal selam Korea Utara bertenaga diesel --yang membuatnya lebih ribut dan lebih mudah dideteksi.

Akan Mempengaruhi Pembicaraan AS

Kapal Selam Rudal Balistik Korea Utara (038)

Sebelum uji coba rudal, Korea Utara dan AS telah mengonfirmasi bahwa perundingan nuklir awal akan dilakukan "sekitar pekan depan". Tidak jelas apakah mereka akan melanjutkan.

Kementerian Luar Negeri AS menanggapi tes dengan menyerukan Pyongyang untuk "menahan diri dari provokasi" dan "tetap terlibat dalam negosiasi substantif dan berkelanjutan" yang bertujuan mencapai target denuklirisasi.

Negosiasi antara AS dan Korea Utara macet sejak KTT Hanoi antara Presiden Donald Trump dan Kim pada Februari berakhir tanpa kesepakatan.

Para ahli mengatakan kedekatan tes dan pengumuman pembicaraan itu adalah sesuatu yang disengaja.

"Korea Utara ingin memperjelas posisi negosiasi sebelum pembicaraan dimulai," kata Harry Kazianis dari Center for the National Interest di Washington DC kepada kantor berita AFP.

"Pyongyang tampaknya akan mendorong Washington untuk mundur dari tuntutan-tuntutan denuklirisasi penuh di masa lalu, karena hanya janji-janji pelonggaran sanksi."

Korea Utara dilarang menggunakan rudal balistik berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB, dan berada di bawah sanksi AS dan PBB untuk program nuklirnya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna di Asia Pasifik Rela Bagikan Data Pribadi Demi Kuis Online

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laporan perusahaan keamanan siber Kaspersky mengungkapkan pengguna di Asia Pasifik cenderung bersedia membagikan data pribadi mereka di media sosial, termasuk kuis-kuis online.

Laporan bertajuk Kaspersky's Global Privacy yang dirilis tahun ini mengatakan, 39,2 persen responden survei rela mengorbankan data pribadi untuk akses seperti pemeriksaan keamanan atau pengawasan.

Kemudian 22 persen responden mengaku berbagi detail media sosial untuk mengetahui hasil kuis yang dianggap menghibur. Sementara 18,9 persen lainnya mengaku akan mengabaikan privasi, jika mereka bisa mendapatkan sesuatu secara gratis, seperti perangkat lunak, layanan ataupun hadiah.

Dari laporan itu juga terungkap bahwa lebih dari setengah (55,5 persen) responden di Asia Pasifik pada kelompok umur 16-24 dan 25-34 tahun beranggapan mustahil untuk memiliki privasi online yang utuh di dunia digital modern. Mereka mengatakan bersedia mengorbankan data pribadi mereka untuk keuntungan jangka pendek dan "likes" dari media sosial.

Awalnya diisi dengan data pribadi seperti alamat, tanggal lahir dan foto agar dapat dengan mudah menemukan serta menghubungkan teman dan keluarga dalam jaringan. Kini, media sosial telah dilaporkan dapat memata-matai penggunanya dan menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis serangan.

Para pengguna yang disurvei dalam wilayah tersebut mengatakan 53,6 persen dari mereka sudah mengalami pelanggaran data atau rahasia pribadi yang berhasil diakses oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.

 

Rentang Usia

Pelanggaran privasi online paling tinggi terjadi pada kelompok usia 16-24 tahun, yaitu 57,1 persen. Responden mengatakan, kebocoran data ini membuat terganggu oleh spam dan iklan. Selain itu mereka beranggapan bahwa mereka mungkin telah melakukan hal memalukan atau menyinggung seseorang.

Masih menurut laporan yang sama, meski 56,7 persen pengguna online di Asia Pasifik memilih untuk melindungi perangkat mereka dengan kata sandi, hal itu tidak dapat menghindarkan kecerobohan untuk membagikan informasi di media sosial dengan kemungkinan konsekuensi jangka panjang yang justru sering kali berujung pada masalah.

"Jadi, ketika kita harus menerima fakta bahwa tidak selamanya kita dapat menjamin keamanan digital dengan baik, banyak dari kita justru memilih untuk membagikan data tanpa berpikir panjang di online platform. Padahal itu memiliki risiko kerugian yang besar, sehingga banyak orang tanpa disadari justru menjadikan diri mereka target terbuka," kata Kaspersky dalam laporan itu.

 

Digital Hygiene

Meski kesadaran akan keamanan data di seluruh wilayah memang meningkat, menurut Kaspersky, "Kepuasan akan diri sendiri juga meningkat dan begitu pula penyalahgunaan data. Kami terus mengedukasi para pengguna untuk dapat mengelola digital hygiene mereka dengan baik," kata Yeo Siang Tiong, General Manager for Southeast Asia at Kaspersky.

"Sekilas, kebiasaan membagikan kredensial di media sosial demi mendapatkan hasil kuis seperti 'termasuk jenis bunga apakah kamu?' dan lainnya, mungkin tidak terlihat begitu berbahaya bagi perusahaan besar. Namun pada kenyataannya, dengan adopsi BYOD (Bring Your Own Device) yang tinggi di wilayah Asia Tenggara, satu kredensial media sosial karyawan yang tercuri berarti memberikan dampak cukup besar bagi pertahanan online perusahaan," ujar Yeo menambahkan.

Oleh sebab itu, menurut Yeo, pelaku bisnis sebaiknya "mempertimbangkan serangkaian pelatihan keamanan siber komprehensif dan interaktif untuk meningkatkan kesadaran akan garis keamanan pertama mereka, yaitu karyawan."

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Arsenal Kesulitan Jual Mesut Ozil, Kenapa?

Posted: 02 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Arsenal sempat berusaha melepas Mesut Ozil pada bursa transfer musim panas 2019. Namun, tidak ada klub yang menunjukkan minat. Kenapa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Butter Coffee, Kopi yang Diklaim Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Posted: 02 Oct 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di seluruh dunia. Tak heran jika sekarang ini kedai-kedai kopi sudah menjamur di mana-mana. Nongkrong di warung kopi rasanya sudah menjadi gaya hidup untuk kaum milenial. 

Kopi sudah lama disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dari menghilangkan kantuk, meningkatkan energi, metabolisme, dan konsentrasi, hingga mengurangi risiko terkena kanker dan diabetes.

Dengan catatan, kopi harus dikonsumsi tanpa tambahan susu, gula, atau pemanis lain. Kini ada tren kopi yang disebut-sebut bisa meningkatkan IQ. Butter Coffee disebut-sebut sebagai kopi sehat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh hingga otak. Kopi ini awalnya diperkenalkan oleh David Asprey dari Australia dengan nama Bulletproof Coffee.

Untuk meracik Bulletproof Coffee. Hanya diperlukan bahan-bahan seperti kopi, mentega, dan minyak kelapa jenis Medium-chain triglycherides (MCT). Mentega yang digunakan untuk pembuatan kopi ini adalah mentega tawar. Bahkan Butter Coffee ini  juga digemari oleh David Beckham dan Ed Sheeran.

Berikut 5 fakta menarik Butter Coffee yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/10/2019).

1. Manfaat Butter Coffee

Ternyata, sikap malas adalah salah satu tanda dari seseorang dengan IQ tinggi, benarkah?

Racikan Butter Coffee ini juga punya sejumlah manfaat. Diketahui butter coffee bisa memperlambat pencernaan, hal ini membuat kafein yang ada dalam kopi akan diserap lebih lambat dan membuat pasokan energi ke tubuh jadi lebih awet. Hati akan mengonversi MCTs menjadi ketone yang memberikan energi sederhana ke sel-sel otak, membuat pikirian lebih fokus dan IQ meningkat.

2. Efek buruk butter coffee

Fakta Menarik Butter Coffee (sumber: 10Bes)

Jika dicari tentu saja tiap minuman punya kelebihan dan kekurangan. Seperti Butter Coffee ini yang bisa dikatakan tinggi kolesterol. Jika dikonsumsi terlalu sering akan pengaruhi kesehatan.

Sementara kalori Butter Coffee sebagian berasal dari lemak yang bisa membuat kekurangan nutrisi lain seperti protein, serat, vitamin dan mineral. Jika Butter Coffee dinikmati bersama menu sarapan lain bisa membuat kelebihan asupan kalori yang tidak perlu.

3. Terinspirasi dari Teh Mentega di Himalaya

Himalaya (Via: youtube.com)

Kopi mentega yang disebut Butter Coffee ini awalnya terinspirasi dari po cha, teh mentega yang dibuat dari susu di kawasan Himalaya. Teh mentega ini berguna untuk menghangatkan tubuh sekaligus menambah energi.

David Asprey, pengusaha asal Silicon Valley yang menikmatinya selagi trekking di Tibet, rupanya terkesan dengan minuman tersebut dan membawanya ke Amerika. Ia lalu membuat minuman berenergi versinya sendiri, yaitu kopi, mentega, dan minyak khusus, dan mengonsumsinya saat sarapan.

4. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi berat badan. (iStock)

Menurut sang penciptanya, kopi berfungsi mendongkrak metabolisme, sedangkan mentega memaksa tubuh untuk membakar lemak, sehingga mampu melunturkan lemak perut. Hingga kini, ia mengaku berat badannya sudah turun 44 kilogram.

5. Kandungan Kalori Butter Coffee

Fakta Menarik Butter Coffee (sumber: macleans)

Butter Coffee ini cukup banyak mengandung kalori. Kopi ini mengandung 500 kalori dan sekitar 51 gram lemak (di mana lebih dari 70 persennya adalah lemak jenuh), sehingga sangat berbahaya untuk kesehatan jika di konsumsi berlebihan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sambangi KPK, Nurdin Basirun Lengkapi Berkas Suap Izin Reklamasi

Posted: 02 Oct 2019 09:50 PM PDT

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (tengah) saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (tengah) saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Nurdin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut Jadi Tersangka KPK, PT INTI Pasrah

Posted: 02 Oct 2019 09:45 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - PT INTI (Persero) menyatakan keprihatinan atas penetapan status tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Darman Mappangara yang menjabat sebagai Direktur Utama.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT INTI (Persero) Gde Pandit Andika Wicaksono menjelaskan dalam proses hukum yang berlaku, PT INTI (Persero) akan bersikap kooperatif serta menghormati langkah yang ditempuh oleh KPK.

"Perusahaan pun percaya pihak KPK akan menjalankan tanggung jawab dan kewenangan sepenuhnya dalam rangka penegakan hukum," ujar dia dalam keterangannya, Kamis (3/10/2019).

"Adapun penetapan tersangka tersebut tidak mengganggu operasional perusahaan dalam menjalankan berbagai agenda strategis yang telah ditetapkan," tegas dia.

KPK Tetapkan Dirut PT INTI Tersangka Suap Proyek BHS

Jubir KPK Febri Diansyah memberi keterangan terkait dugaan TPPU di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/5). KPK menjerat korporasi dengan sangkaan TPPU berkaitan dengan kasus yang menimpa Bupati Kebumen Mohamad Yahya Fuad. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Direktur Utama (Dirut) PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) Darman Mappangara (DMP) sebagai tersangka baru dalam kasus suap pengadaan proyek Baggage Handling System (BHS).

"Setelah menemukan bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyidikan baru dengan tersangka DMP," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019).

Febri mengatakan, Darman diduga bersama-sama dengan stag PT INTI Taswin Nur memberi suap kepada Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Andra Y. Agussalam untuk mengawal agar proyek BHS digarap oleh PT INTI.

Darman pun disangka melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Penetapan tersangka terhadap Darman merupakan pengembangan perkara dari operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar tim penindakan pada 31 Juli hingga 1 Agustus 2019 lalu.

Dalam operasi senyap tersebut KPK menjerat Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Andra Y. Agussalam dan staf PT INTI Taswin Nur sebagai tersangka. Andra diduga menerima suap sebesar SGD 97.600 dari Taswin lantaran mengawal proyek Baggage Handling System (BHS).

Proyek BHS sendiri akan dikerjakan oleh PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (PT. INTI) yang akan dioperasikan PT. Angkasa Pura Propertindo (PT. APP) dan dikelola PT. Angkasa Pura II.

Garap Proyek Rp 86 Miliar

Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah (tengah) bersama Kolisi Masyarakat Sipil untuk Capim KPK memberi keterangan usai menggelar pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Mereka mendesak Pansel Capim KPK memilih yang bersih dan berintegritas. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Awalnya PT. APP berencana melakukan tender pengadaan proyek BHS, namun Andra mengarahkan agar PT. APP melakukan penjajakan untuk penunjukan langsung kepada PT. INTI agar menggarap proyek senilai Rp 86 miliar ini. 

Andra juga mengarahkan adanya negosiasi antara PT. APP dan PT. INTI untuk meningkatkan DP dari 15% menjadi 20% untuk modal awal PT. INTI dikarenakan ada kendala cashflow di PT. INTI.

Atas arahan Andra, kemudian Executive General Manager Divisi Airport Maintenance PT. Angkasa Pura II Marzuki Battung menyusun spesifikasi teknis yang mengarah pada penawaran PT INTI.

Tak hanya itu, Andra juga mengarahkan Direktur PT. Angkasa Pura Propertindo, Wisnu Raharjo untuk mempercepat penandatanganan kontrak antara PT. APP dan PT. INTI. Tujuannya, agar DP segera cair sehingga PT. INTI bisa menggunakannya sebagai modal awal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Dompet dari Kain Flanel Tanpa Jahitan, Cocok untuk Anak

Posted: 02 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan cocok untuk keterampilan tangan anak. Jenis kain ini mudah dibentuk dan tersedia dalam pilihan warna bahkan motif menarik. Kain flanel ini juga cocok dipilih untuk melatih kreativitas anak. Salah satu bentuk kerajinan yang mudah diterapkan adalah cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan. 

Kebanyakan kerajianan kain flanel dibentuk dengan cara menjahitnya. Jahitan tangan yang digunakan memiliki beragam teknik tusuk rumit. Membuat dompet dari kain flanel pun perlu metode menjahit untuk dapat menyatukan bagian-bagiannya.

Bagi anak menjahit mungkin akan menjadi hal yang rumit dan kurang aman karena jarum yang digunakan. Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan. Cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan lebih aman untuk anak dan pastinya lebih mudah.

Cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan ini menggunakan teknik lem sebagai ganti jahitan. Ada banyak pilihan dompet yang dapat dipilih. Di sini Liputan6.com akan menampilkan cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan dengan bentuk unicorn lucu.

Bentuk unicorn pastinya disukai anak. Anak akan senang mengenakan sesuatu yang dibuat dengan tangan mereka sendiri. Berikut cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan, dilansir Liputan6.com dari dDarcreatives, Kamis(3/10/2019).

Bahan yang digunakan

ilustrasi dompet flanel (sumber: Dearcreatives)

1. Kain flanel. Gunakan warna putih untuk badan unicorn, hitam untuk mata, dan warna warni cerah lain untuk elemen lainnya.

2. Kain berwarna emas untuk tanduk unicorn. Anda juga bisa menggantinya dengan flanel kuning atau cokelat keemasan.

3. Gunting

4. Lem tembak. Atau jika ingin pilihan yang lebih aman untuk anak, gunakan lem khusus untuk kain yang tidak perlu memerlukan alat pemanas seperti lem tembak. Sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan dan usia anak.

5. Perekat Velcro untuk pembuka dan penutup dompet.

6. Pensil atau pena untuk melacak pola.

7. Kertas dan pola.

8. Kertas tebal kecil untuk penguat tanduk unicorn

Membentuk pola

Membentuk pola (sumber: Dearcreatives)

Siapkan pola dari template unicorn diatas dengan mencetak dan memotongnya. Lacak pola pada kain yang dipilih dan potong dengan baik. Pastikan untuk menggunakan gunting kain untuk hasil terbaik. Bergantung pada usia anak-anak yang melakukan proyek ini, bantu mereka sesuai kebutuhan.

Pola unicorn dan bagian bunga termasuk bagian dalam telinga, bagian luar telinga, mata, bibir, blush atau bintik, tanduk, spiral bunga dan daun. Untuk bagian tanduk Anda akan membutuhkan 3 bahan y 3 pola tanduk, ini meliputi bahan flanel, kertas karton, dan kain emas.

Membentuk bagian utama dompet

Membentuk bagian utama dompet (sumber: Dearcreatives)

Bagian utama dompet adalah bagian warna putih yang membentuk kantong dompet. Potong kain flanel utama berwarna untuk dompet dengan ukuran 6 inci x 10 inci. Potong 2 helai kain berwarna lain selebar 1 cm dan panjangnya sama dengan lebar 10 inci.

Siapkan lem tembak atau lem kain dan pasang 2 helai kain 1 cm tadi di sepanjang 2 ujung lebar bagian flanel utama berwarna putih. Lekatkan perekat Velcro di tiap sisi helai tepat di bagian tengah. Bagian dengan dua helai kain dan pereka Velcro ini nantinya akan berada di bagian dalam dompet.

Merangkai bagian unicorn

Merangkai bagian unicorn (sumber: Dearcreatives)

Tempel bagian dalam telinga berwarna pink pada bagian luar telinga berwarna putih. Tempel pola tanduk pada kertas tebal dan tempelkan pola tanduk emas pada pola kertas tebal tersebut. Tempelkan 2 lingkaran putih kecil di 2 lingkaran hitam besar untuk matanya.

Lipat bagian utama menjadi setengah memanjang dan rekatkan dengan lem 2 sisi kanan dan kiri. Kemudian rekatkan telinga dan tanduk di bagian atas dompet, tekan setidaknya 1 cm untuk dapat merekat dengan baik.

Jika menggunakan lem kain, waktu pengeringan jelas akan lebih lambat dan mungkin akan sedikit berantakan. Tetapi sekali lagi, sesuaikan kerajinan dengan usia dan tingkat keterampilan anak.

Rekatkan mata dan elemen lainnya

Rekatkan mata dan elemen lainnya (sumber: Dearcreatives)

Setelah selesai dengan bagian utama dompet, rekatkan mata, bulu mata, dan bibir di sisi depan dompet. Siapkan potongan lain untuk hiasan. 3 spiral, 4 daun dan blush on atau bintik-bintik.

Buat bunga yang digulung menggunakan pola spiral. Gunakan warna terang atau warna kesukaan anak. Satukan bunga dengan daun, lalu tempelkan pada bagian atas dompet tepatnya di atas mata. Tempelkan juga bintik pada pipi untuk mempermanis dompet.

Dompet unicorn sudah siap digunakan

Dompet unicorn sudah siap digunakan  (sumber: Dearcreatives)

Dompet unicorn sudah siap digunakan. Padu padankan kain warna yang berbeda untuk variasi yang lebih banyak. Anda dapat menyesuaikan ukuran kantong sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Buat menjadi lebih besar jika ingin menjadi tempat pensil, atau membuatnya lebih kecil untuk tempat kartu atau koin.

Begitu banyak variasi menyenangkan yang dapat Anda kreasikan berasama anak. Dompet unicorn ini berwarna putih, tetapi Anda dapat membuat sendiri dompet unicorn tanpa jahitan dengan warna kesukaan anak. Coba pink dengan tanduk pelangi, misalnya.

Padu padan nuansa warna yang berbeda bisa membuat anak melatih kemampuan visualnya. Anak bisa membuat banyak dompet untuk dipakai sendiri atau diberikan sebagai hadiah untuk teman-temannya. Pastinya menyenangkan bisa memberikan sesuatu yang dibuat dengan tangan sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangi Indonesia pada November, EXO Siapkan Informasi Eksklusif

Posted: 02 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua anak milenial di Asia bahkan seluruh dunia, tentunya sudah mengenal EXO. Salah satu boyband asal Korea Selatan ini punya basis penggemar di berbagai negara.

Penggemar berat EXO di seluruh dunia pun kini tengah bergembira. Pasalnya, EXO yang sempat menyandang gelar sebagai King of K-Pop, akan tampil di Indonesia.

Grup yang juga menerima reputasi terbaik menurut Korean Business Research Institute pada November 2016 ini, akan mampir ke Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang pada 23 November 2019 mendatang.

Selama di sini, EXO akan menggelar konser bertajuk berjudul EXO PLANET #5 – Exploration EXO. Ini menjadi konser pertama EXO di Jakarta pada medio 2019.

Informasi Eksklusif

EXO (Soompi)

Nantinya, EXO-L tidak hanya menatap langsung para idolanya di atas panggung. Mereka juga mendapat informasi eksklusif yang hanya diberikan pada saat konser berlangsung.

Fans yang hadir di konser tersebut, akan menjadi orang-orang pertama yang tahu mengenai rencana-rencana EXO ke depannya.

Para penggemar EXO yang memiliki julukan EXO-L, tentunya tak mau ketinggalan. Tiket konser EXO ini bahkan sudah bisa dipesan sekarang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Prilly Latuconsina Saat Sedang Berolahraga, Sporty Abis

Posted: 02 Oct 2019 09:35 PM PDT

Prilly memang terkenal sebagai seleb yang gemar berolahraga. Seleb kelahiran 15 Oktober 1996 ini kerap kali memamerkan potretnya saat sedang berolahraga. Seperti pada foto ini yang diambil Prilly saat dirinya berolahraga di waktu puasa Rramadan. (Liputan6.com/IG/@prillylatuconsina96)

Prilly memang terkenal sebagai seleb yang gemar berolahraga. Seleb kelahiran 15 Oktober 1996 ini kerap kali memamerkan potretnya saat sedang berolahraga. Seperti pada foto ini yang diambil Prilly saat dirinya berolahraga di waktu puasa Rramadan. (Liputan6.com/IG/@prillylatuconsina96)

Bersama dengan sahabatnya, Mytha Lestari, Prilly dengan semangat berolahraga mengangkat beban ban yang besar. Dengan olahraga rutin, pemeran Sisi di Ganteng Ganteng Serigala ini berharap bisa menjaga kondisinya agar tetap prima. (Liputan6.com/IG/@prillylatuconsina96)

Bersama dengan sahabatnya, Mytha Lestari, Prilly dengan semangat berolahraga mengangkat beban ban yang besar. Dengan olahraga rutin, pemeran Sisi di Ganteng Ganteng Serigala ini berharap bisa menjaga kondisinya agar tetap prima. (Liputan6.com/IG/@prillylatuconsina96)

Pelantun lagu Sahabat Hidup ini terlihat begitu menikmati workout-nya. Dengan keringat bercucuran menjadi bukti Prilly begitu serius berolahraga. Dengan olahraga, Prilly bisa mempertahankan postur ideal dari tubuhnya, (Liputan6.com/IG/@prillylatuconsina96)

Pelantun lagu Sahabat Hidup ini terlihat begitu menikmati workout-nya. Dengan keringat bercucuran menjadi bukti Prilly begitu serius berolahraga. Dengan olahraga, Prilly bisa mempertahankan postur ideal dari tubuhnya, (Liputan6.com/IG/@prillylatuconsina96)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AZ Alkmaar Vs Manchester United: Beban Setan Merah

Posted: 02 Oct 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Manchester United bakal mencoba untuk meneruskan tren positif di Liga Europa saat bertandang ke markas AZ Alkmaar pada matchday 2 Grup L Liga Europa 2019-2020, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB.Ini pertemuan pertama bagi kedua klub di kompetisi klub UEFA.

Manchester United sukses melalui laga pertamanya, di kandang sendiri, dengan kemenangan. Mereka kini menatap laga kedua, yang di atas kertas lebih berat. United akan main tandang. Lawannya adalah salah satu tim kuat Belanda, AZ Alkmaar.

Bentrok tersebut akan digelar di Cars Jeans Stadion, stadion kandang klub ADO Den Haag. Pasalnya, kandang asli AZ, AFAS Stadion, atapnya ambruk akibat angin kencang pada 10 Agustus 2019.

Pada matchday pertama, AZ mencuri satu poin di kandang Partizan Belgrade dengan hasil imbang 2-2. Gol-gol Calvin Stengs dan Myron Boadu membuat AZ tak pulang dengan tangan hampa.

Sementara itu, United hanya menang tipis 1-0 menjamu Astana. Sang manajer Ole Gunnar Solskjaer menurunkan banyak pemain mudanya untuk laga tersebut, dan MU menang lewat gol tunggal Mason Greenwood di menit 73. Sergio Romero, yang merupakan mantan pemain AZ periode 2007-2011, tak kesulitan menjaga gawang Manchester United dari kebobolan.

Setelah laga matchday 1, AZ memenangi ketiga pertandingannya di Eredivisie, mencetak enam gol tanpa sekali pun kebobolan. AZ menang 1-0 atas tuan rumah ADO Den Haag, 3-0 melawan tuan rumah Feyenoord, dan terakhir 2-0 menjamu Heracles Almelo di akhir pekan.

AZ saat ini menempati posisi tiga di klasemen sementara dengan 19 poin dari delapan pertandingan, hanya tertinggal satu poin dari PSV Eindhoven dan Ajax Amsterdam. Oussama Idrissi adalah top scorer mereka dengan torehan enam golnya.

Manchester United harus mewaspadai Idrissi. Selain Idrissi, ada pula Myron Boadu yang telah mengukir lima gol dan empat assist dalam sembilan penampilan di semua kompetisi musim ini.

Beda dengan AZ, MU tanpa kemenangan dalam tiga pertandingan setelah matchday pertama. Setan Merah ditekuk tuan rumah West Ham 0-2 di Premier League, kemudian imbang 1-1 menjamu Rochdale di Carabao Cup (menang adu penalti), dan terakhir imbang 1-1 menjamu Arsenal. Satu gol Scott McTominay tak cukup bagi MU untuk merebut tiga poin lawan Arsenal.

Serangan Manchester United sedang melempem, hanya mencetak tujuh gol dalam delapan laga terakhir di semua kompetisi. Situasi ini membuat Red Devils diragukan bisa meraih hasil terbaik di Belanda nanti.

Komposisi Pemain dan Statistik

Bek Manchester United, Harry Maguire, berebut bola dengan bek Arsenal, Sokratis Papastathopoulos, pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Senin (30/9). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Paul Ellis)

Prakiraan Susunan Pemain 

  • AZ  Alkmaar (4-2-3-1): Bizot; Wijndal, Wuytens, Vlaar, Sugawara; Koopmeiners, Midtsjo; Idrissi, de Wit, Stengs; Boadu
  • Pelatih: Arne Slot
  • Manchester United (4-2-3-1): Romero; Rojo, Jones, Tuanzebe, Young; Fred, Matic; Chong, Lingard, Mata; Greenwood
  • Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Rekor 5 Pertandingan Terakhir

AZ Alkmaar:

  • 14-09-2019 AZ 5-1 Sparta Rotterdam (Eredivisie)
  • 20-09-2019 Partizan 2-2 AZ (UEL)
  • 22-09-2019 ADO Den Haag 0-1 AZ (Eredivisie)
  • 27-09-2019 Feyenoord 0-3 AZ (Eredivisie)
  • 29-09-2019 AZ 2-0 Heracles (Eredivisie)

Manchester United:

  • 14-09-2019 MU 1-0 Leicester (EPL)
  • 20-09-2019 MU 1-0 Astana (UEL)
  • 22-09-2019 West Ham 2-0 MU (EPL)
  • 26-09-2019 MU 1-1 Rochdale (Carabao Cup)
  • 01-10-2019 MU 1-1 Arsenal (EPL)

Fakta Menarik

Striker Manchester United, Marcus Rashford, berebut bola dengan bek Astana, Zarko Tomasevic, pada laga Europa League di Stadion Old Trafford, Manchester, Kamis (19/9). MU menang 1-0 atas Astana. (AFP/Oli Scarff)
  • Rekor kandang AZ di fase grup Liga Europa adalah M7 S4 K4.
  • AZ selalu imbang dalam 3 laga terakhirnya di Liga Europa.
  • MU tak terkalahkan dalam 5 laga tandang terakhirnya di Liga Europa.
  • Rekor tandang MU di Liga Europa adalah M4 S2 K5.
  • MU tak terkalahkan dalam 12 laga terakhirnya di Liga Europa, kandang dan tandang (M9 S3 K0)
  • Selalu tercipta maksimal 2 gol dalam 9 laga terakhir MU di Liga Europa.

 

Sumber asli: UEFA

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 02/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpinan Fraksi dan DPD Gelar Rapat Bahas Persiapan Pemilihan Pimpinan MPR

Posted: 02 Oct 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan sementara MPR RI menyelenggarakan Rapat Gabungan dengan Pimpinan Fraksi-Fraksi dan Pimpinan Kelompok DPD.

Rapat Gabungan digelar di ruang Komisi V Gedung Nusantara lantai 1 MPR/DPR/DPD RI, Kamis (3/10/2019).

Adapun agenda rapat yakni membahas persiapan pemilihan pimpinan, batas waktu, dan pengusulan bakal calon pimpinan MPR. Rapat dipimpin oleh Abdul Wahab Dalimonthe, Ketua MPR sementara dan Hillary Brigitta Lasut selaku Wakil Ketua MPR sementara.

"Dari daftar hadir di sini telah hadir wakil seluruh fraksi dan DPD. Jadi sudah bisa dimulai ya rapat pimpinan sementara dengan pimpinan fraksi, dan kelompok DPD," ujar Abdul sambil mengetuk palu.

Tak berselang lama, muncul interupsi dari salah satu anggota dan meminta rapat digelar secara tertutup.

"Interupsi pimpinan. Rapat digelar tertutup saja pimpinan," kata anggota itu.

Mendengar interupsi itu, Ketua MPR sementara Abdul Wahab mengkonfirmasi kepada anggota. "Jadi bagaimana? Rapat mau tertutup atau terbuka?," tanya Abdul.

"Tertutup," jawab anggota.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dobrakan Baru China, Pesawat Ruang Angkasa Pengirim Manusia ke Bulan

Posted: 02 Oct 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - China sedang mengembangkan pesawat ruang angkasa generasi berikutnya, yang memungkinkan astronaut melakukan perjalanan ke Bulan dan tujuan antariksa lainnya.

Tiongkok menjadi negara ketiga yang secara independen meluncurkan astronaut pada 2003, ketika antariksawan dari China National Space Administration, Yang Liwei, mengorbit Bumi dengan Shenzhou-5.

Sementara negara itu berencana untuk membangun stasiun ruang angkasa modular, China tampaknya sudah mampu memetakan misi akhirnya ke Bulan -- dan berpotensi melampaui negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Video promo terbaru dari China Academy of Space Technology (CAST), pabrik pembuat pesawat ruang angkasa dan satelit milik pemerintah, memperlihatkan bentuk dari pesawat tak bernama itu.

Pesawat ruang angkasa tersebut terdiri dari modul ganda, yakni modul kru dan modul layanan, yang akan memberikan dukungan tenaga, daya, dan kehidupan untuk kru yang diangkut.

Panjang kendaraan antariksa itu adalah 30 kaki (9 meter) dan memiliki massa maksimum saat lepas landas sekitar 22 ton (20 metrik ton).

China saat ini menggunakan pesawat ruang angkasa Shenzhou berbobot 8,6 ton (7,8 metrik ton), yang dapat membawa tiga astronaut ke orbit Bumi rendah (LEO).

Namun, Shenzhou tidak dirancang untuk lingkungan radiasi yang keras di ruang angkasa, juga tidak dapat bertahan ketika masuk kembali ke atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan pesawat ruang angkasa baru ini disebut mampu menjelajah daerah luar LEO dan membawa empat hingga enam astronaut, demikian seperti dikutip dari Space.com, Rabu, 2 Oktober 2019.

Tanggapan Ilmuwan AS

Rover milik probe Tiongkok Chang'e-4 yang bakal melaju ke sisi tergelap Bulan (Foto: CNSA)

Pada tahun 2016, China meluncurkan versi skala kecil dari modul kru untuk menguji kendaraan tersebut masuk kembali dan mendarat di Bumi.

"Kemampuan ini memberi tahu kita bahwa Tiongkok berkomitmen untuk melakukan perjalanan antariksa jangka panjang, dengan membawa manusia, pada kecepatan lambat namun konsisten," kata Joan Johnson-Freese, seorang profesor di Departemen Urusan Keamanan Nasional di U.S. Naval War College di Newport, Rhode Island.

Johnson-Freese berpendapat: "Apa yang AS lakukan adalah seperti kelinci. Cepat, tetapi sporadis. China sekarang bak kura-kura. Lambat dan metodis."

Johnson-Freese juga mencatat bahwa AS memiliki beberapa program yang sangat menarik dalam berbagai tahap perkembangan dan tingkat komitmen anggaran, yang akan memungkinkan pencapaian eksplorasi signifikan.

NASA sedang mengembangkan pesawat ruang angkasa Orion yang dapat digunakan untuk menjelajah angkasa luar, dengan modul layanan buatan Eropa, yang bakal menjadi kendaraan awak utama untuk program eksplorasi Artemis.

Sementara itu, SpaceX bekerja pada Starship, sistem peluncuran yang sepenuhnya dapat digunakan kembali, yang dirancang untuk membantu umat manusia menjajah Mars.

Pesawat ruang angkasa Tiongkok yang baru itu diperkirakan akan melakukan uji terbang tanpa awak pada paruh pertama 2020, pada peluncuran pertama roket Long March 5B, menurut China Manned Space Agency (CMSA). Namun, jadwal itu tergantung pada kembalinya penerbangan Long March 5.

Bisa Dipakai Ulang

Modul kru (atas) dan modul layanan dari pesawat ruang angkasa China yang baru. (Foto: CAST)

Long March 5B dirancang untuk meluncurkan modul seberat 22 ton (20 metrik ton) untuk stasiun yang direncanakan China di LEO. Jika penerbangan uji berjalan baik, maka China kemungkinan dapat mulai membangun stasiun angkasa luar dengan peluncuran modul inti Tianhe --estimasi pada 2021.

Li Ming, wakil presiden CAST, mengatakan kepada SpaceNews pada tahun lalu bahwa, setelah uji coba, pesawat ruang angkasa baru ini dapat digunakan dengan cepat dan bahkan untuk penerbangan ke stasiun ruang angkasa Tiongkok.

"Generasi baru memiliki kemampuan yang dapat digunakan kembali ... sehingga pemerintah dapat mengurangi biaya untuk terbang ke stasiun ruang angkasa," jelas Li.

Pejabat ruang angkasa Tiongkok menyatakan China sedang mencari cara untuk melakukan misi awak ke Bulan di tahun 2030-an.

Meskipun proyek semacam itu belum disetujui, pengembangan awal sedang dilakukan untuk roket super berat, Long March 9, yang kemampuannya mirip dengan Saturn V milik NASA atau Space Launch System milik badan antariksa AS tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spider-Man dan X-Men Sudah Disebut dalam Film Iron Man

Posted: 02 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, produser Marvel Studios, Kevin Feige, membeberkan sebuah fakta menarik. Disampaikannya bahwa dalam ending tambahan di film Iron Man, Nick Fury seharusnya sudah menyebut kehadiran Spider-Man dan X-Men.

Pernyataan dari Kevin Feige disusul oleh video adegan ending bonus Iron Man ketika Nick Fury menghampiri Tony Stark. Dalam dialog aslinya, Nick Fury menyampaikan kepada Tony Stark perihal adanya insiden radiasi gamma (Hulk), gigitan serangga radioaktif (Spider-Man), dan sekumpulan mutan (X-Men).

"Kami hampir membuat kesalahan dengan menampilkannya, dan kami berkata, 'Kita tak akan menunjukkannya kepada orang-orang, buang (bagian) itu'. Saya akan menunjukkan kalian bagian yang dihapus itu yang belum pernah disaksikan oleh banyak orang," ujar Feige membuka videonya.

Sejak Iron Man diproduksi, Marvel Studios memang sudah melobi 20th Century Fox agar film-film mereka bisa terhubung dengan X-Men. Begitu juga Spider-Man yang kala itu masih dijaga ketat Sony. Sayangnya, perundingan berlangsung alot dan The Avengers hanya menampilkan enam karakter superhero: Iron Man, Hulk, Thor, Captain America, Black Widow, dan Hawkeye. 

Rencana ke Depan

Captain America, Wolverine dan Spider-Man. (Istimewa/hak cipta karakter: Marvel Studios/Sony Pictures/20th Century Fox)

Sekarang, Marvel telah berhasil membawa Spider-Man ke dalam film-filmnya, bahkan dalam Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

Sementara itu, film baru X-Men saat ini tengah digodok setelah Disney yang menaungi Marvel, telah berhasil mengakuisisi 20th Century Fox.

Spider-Man versi Marvel sedang memasuki pra-produksi film ketiga untuk rilis pada 2021 mendatang. Sementara itu, X-Men akan menjadi bagian dari fase kelima Marvel Cinematic Universe.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gelombang Protes Merebak di Irak, Korban Tewas Berjatuhan

Posted: 02 Oct 2019 09:30 PM PDT

Pengunjuk rasa antipemerintah membakar sejumlah benda dan memblokir jalan saat menggelar protes di Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Aksi protes di seluruh Irak telah menewaskan sembilan orang dalam 24 jam. (AP Photo/Hadi Mizban)

Pengunjuk rasa antipemerintah membakar sejumlah benda dan memblokir jalan saat menggelar protes di Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Aksi protes di seluruh Irak telah menewaskan sembilan orang dalam 24 jam. (AP Photo/Hadi Mizban)

Pengunjuk rasa antipemerintah membakar sejumlah benda dan memblokir jalan saat menggelar protes di Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Ribuan demonstran berhadapan dengan tembakan dan gas air mata dalam unjuk rasa yang terjadi di sejumlah kota di Irak. (AP Photo/Hadi Mizban)

Pengunjuk rasa antipemerintah membakar sejumlah benda dan memblokir jalan saat menggelar protes di Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Ribuan demonstran berhadapan dengan tembakan dan gas air mata dalam unjuk rasa yang terjadi di sejumlah kota di Irak. (AP Photo/Hadi Mizban)

Pengunjuk rasa antipemerintah membakar sejumlah benda dan memblokir jalan saat menggelar protes di Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Pengunjuk rasa memprotes korupsi, kegagalan memenuhi layanan publik serta pengangguran. (AP Photo/Hadi Mizban)

Pengunjuk rasa antipemerintah membakar sejumlah benda dan memblokir jalan saat menggelar protes di Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Pengunjuk rasa memprotes korupsi, kegagalan memenuhi layanan publik serta pengangguran. (AP Photo/Hadi Mizban)

Pengunjuk rasa antipemerintah membakar sejumlah benda dan memblokir jalan saat menggelar protes di Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Pengunjuk rasa menginginkan pekerjaan dan layanan publik yang lebih baik. (AP Photo/Hadi Mizban)

Pengunjuk rasa antipemerintah membakar sejumlah benda dan memblokir jalan saat menggelar protes di Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Pengunjuk rasa menginginkan pekerjaan dan layanan publik yang lebih baik. (AP Photo/Hadi Mizban)

Pasukan keamanan Irak mencegah demonstran antipemerintah menuju Tahrir Square di pusat Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Pasukan keamanan dan polisi antihuru-hara dikerahkan untuk menghalangi semua jalan menuju Tahrir Square. (AP Photo/Khalid Mohammed)

Pasukan keamanan Irak mencegah demonstran antipemerintah menuju Tahrir Square di pusat Baghdad, Irak, Rabu (2/10/2019). Pasukan keamanan dan polisi antihuru-hara dikerahkan untuk menghalangi semua jalan menuju Tahrir Square. (AP Photo/Khalid Mohammed)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RoomMe Targetkan 1.000 Rumah Kost Tahun Depan

Posted: 02 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkat masukan positif dari pemilik kost, RoomMe sekarang sudah memiliki sekitar 2.000an kamar yang terdapat di ratusan gedung kost semenjak diluncurkan pada 2017.

Tentunya ini adalah hasil dari rangkaian layanan RoomMe terhadap pemilik kost, seperti audit properti, layanan 24 jam, rekrutment pekerja, perawatan inventaris, promosi, hingga laporan keuangan per bulannya.

Harga kost sendiri ditentukan dari kualitas awal ketika pihak pemilik dan RoomMe membuat perjanjian. Harga tersebut dapat berkisar dari 1 juta hingga 11 juta.

Glen Ramersan, CEO RoomMe mengatakan platform besutannya menjamin adanya fix income untuk pemilik kost tiap bulan yang stabil, bahkan cenderung meningkat.

"Melihat hal ini, kami menargetkan tahun depan sudah memiliki 1.000 rumah kost dan ekspansi sampai wilayah Bodetabek," ujar Glen dalam wawancara khusus di Jakarta, Rabu (2/10/2019) sore.

Karya Anak Bangsa

RoomMe merupakan platform ciptaan anak bangsa, yaitu Glen Ramersan, Daniel Basuki, Erik Arifin, Arifin Daniel, dan Winoti Hartanto. Layanan ini mendukung pemilik kost dalam memaksimalkan rumah kost miliknya.

Tidak hanya untuk pemilik, RoomMe juga membantu penyewa untuk mencari kost yang baik dari sisi fasilitas hingga harga yang pas dengan cepat dan sesuai standar.

"RoomMe merupakan platform buatan anak bangsa yang transparan, sistematis, dan efisien. Tentunya aplikasi ini akan memudahkan hubungan antara pemilik dan penyewa kost," ucap Glen. 

(Keenan Pasha/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seminggu Lebih Pengungsi Gempa Ambon Belum Terima Bantuan

Posted: 02 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga yang mengungsi karena gempa di Ambon, Maluku alami kondisi yang sulit. Mereka belum menerima bantuan dari pemerintah walaupun telah seminggu lebih di pengungsian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penanganan Cepat Sumur YYA-1 ONWJ Bocor Kurangi Risiko Kerusakan Lingkungan

Posted: 02 Oct 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Upaya PT Pertamina dalam menangani kebocoran pada sumur YYA-1 ONWJ dinilai berlangsung cepat. Semula penanganan ditargetkan berlangsung selama 3 bulan.

Ini diungkapkan Anggota DPR periode 2019-2024, Ramson Siagian yang melihat biasanya langkah penanganan untuk menangani kebocoran sumur minyak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun, dengan teknologi dan kerja tim, penanganan kebocoran menjadi lebih cepat. Bahkan, pengeboran relief well terkoneksi dengan sumur YYA-1 yang bocor, kurang dari target waktu yang sudah ditentukan.

"Saya mengapresiasi penanganan yang dilakukan oleh Pertamina," kata Ramson seperti mengutip Antara, Kamis (3/10/2019).

Politisi ini menilai penanganan yang dilakukan Pertamina mengurangi risiko kerusakan lingkungan. Penanganan cepat kemudian memberikan dampak positif bagi masyarakat, lingkungan, dan perusahaan.

"Di mana keberhasilan ini telah meminimalkan dampak lingkungan yang cukup besar," jelas dia.

 

Pengamat Migas M Kholid Syerazi meniai upaya Pertamina dalam mengatasi kebocoran sumur YYA-1 lebih cepat dari estimasi semula yakni sekitar 3 bulan.

Pertamina berhasil menangani insiden sumur YYA-1 yang sempat bocor dan saat ini sudah mencapai milestone baru dan berhasil melakukan proses intercept.

Proses penutupan dengan menggunakan teknik relief well tersebut bahkan lebih cepat dibandingkan perencanaan awal.

Jika sebelumnya Pertamina menargetkan proses intercept tercapai pada awal Oktober, maka realisasi koneksi terjadi pada 23 September.

Memang,  Pertamina Hulu Energi (PHE) menargetkan sumur YYA-1 yang terletak di Perairan kawaran, Jawa Barat, yang mengalami kebocoran gas dapat ditutup pada awal Oktober 2019. 

"Kebocoran belum ditangani karena relief well targetnya di 9.030 feet," kata Taufik, sebelumnya.

Menurut Taufik, penutupan sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ) bisa selesai pada 8 Oktober 2019. Dia berharap proses pengeboran berjalan sesuai dengan harapan.

"Ada rencana, kalau semua berjalan lancar. Sebelum 8 Oktober sumur akan kita tutup. Apabila proses itu bisa lebih cepat," tuturnya.

Sumur baru adalah Relief Well YYA-1RW. Alat bor (Rig) ini berdiri sekitar 1 kilometer dari anjungan YY, tempat sumur YYA-1 berada. ‎

‎Insident Commander Proyek YYA-1 PHE Taufik Adityawarman mengatakan,‎ upaya yang dilakukan untuk menutup sumur YYA-1 adalah dengan membuat sumur baru dengan kedalaman 9.030 feet, Pengeboran yang dilakukan sejak 1 Agustus 2019 hingga saat ini sudah mencapai kedalaman 6.936 feet.

Pertamina Bayar Kompensasi Tumpahan Minyak ke Warga Bekasi dan Pulau Seribu

Oil spill yang telah membeku di sekitar tambak penangkap udang di perairan Muara Beting, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Oil spill akibat kebocoran di sumur lepas pantai YYA1 Karawang milik Pertamina Hulu Energi di blok migas ONWJ. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) melakukan pembayaran kompensasi dampak tumpahan minyak tahap pertama, untuk warga Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

VP Relations PHE, Ifki Sukarya mengatakan, mekanisme pembayaran kompensasi tumpahan minyak akibat kebocoran gas sumur YYA-1 Blok Offshore West North Java (ONWJ) tahap pertama melibatkan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI yang dilaksanakan akhir September.

Di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dilakukan di Kelurahan Pulau Untung Jawa dan Kelurahan Pulau Pari dan Pulau Lancang.

 

Sedangkan di Kabupaten Bekasi akan dilaksanakan minggu ini, di Desa Pantai Bahagia dan Desa Pantai Bhakti, Kabupaten Bekasi. Nantinya secara berkelanjutan pembayaran akan dilakukan di area terdampak lainnya.

"Kami telah melakukan sosialisasi kepada warga di dua kabupaten tersebut, sejak minggu lalu. Sehingga masyarakat telah mendapat informasi secara utuh mengenai mekanisme pembayaran kompensasi tahap pertama. Kami berharap pembayaran ini berjalan dengan lancar," kata Ifki, di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Jumlah nilai kompensasi yang diterima per klaim sebesar Rp 900 ribu, sama dengan formulasi yang diterima warga terdampak di Kabupaten Karawang.

Formulasi ini disepakati oleh Pemerintah Daerah melalui tim yang dibentuk oleh masing-masing Bupati melalui Surat Keputusan, dan diawasi langsung oleh BPKP, Tim Pengawal, Pengaman, Pemerintahan, dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan Agung RI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Ifki menambahkan, semua daftar warga yang menerima kompensasi tumpahan minyak telah diverifikasi dan diklarifikasi oleh Pemerintah Daerah.

"Per tanggal 30 September 2019, jumlah total penerima kompensasi di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sebanyak 5.019 warga," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antimainstream, 6 Deskripsi Menu Makanan di Aplikasi Online Ini Bikin Ngakak

Posted: 02 Oct 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan perkembangan teknologi, kini makan pun tak perlu berkunjung ke tempatnya. Cukup memesan lewat aplikasi online, maka makanan pun siap disantap.  Dianggap praktis dan sangat membantu, layanan pemesan makanan online ini banyak digunakan masyarakat di Tanah Air.

Ketika memesan makanan menggunakan aplikasi online tentu kamu akan melihat bagaimana bentuk makanan, harga, dan deskripsi makanan. Biar enggak salah beli, kamu pasti melihat secara teliti menu serta deskripsi makananya. Dalam deskripsi makanan biasanya akan dijelaskan  info seputar bahan ataupun pengolahan makanan yang akan disajikan. 

Tapi, lain halnya dengan deskripsi makanan yang satu ini. Alih-alih menjelaskan menu makanan, deskripsi makanan di bawah ini justru antimainstream dan nyeleneh abis. Saking nyelenehnya sukses bikin kamu ngakak deh!

Penasaran seperti apa potretnya? Kamu pernah menemukan hal yang serupa juga enggak ya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com rangkum 6 deskripsi makanan di aplikasi online yang bikin kamu tepuk jidat, Kamis (3/10/2019)

1. Curahan hati seorang admin di deskripsi menu nih!

Deskripsi Kocak Menu Makanan di Aplikasi Online (Sumber: Facebook/AsobiCafe)

2. Enggak mau ribet masak yang susah, suruh beli yang gampang saja, mantap!

Deskripsi Kocak Menu Makanan di Aplikasi Online (Sumber: Facebook/AsobiCafe)

3. Sebenarnya, ini mau jualan atau mau cari karyawan sih?

Deskripsi Kocak Menu Makanan di Aplikasi Online (Sumber: Facebook/AsobiCafe)

4. Salah tapi enggak diganti-ganti ya!

Deskripsi Kocak Menu Makanan di Aplikasi Online (Sumber: Facebook/AsobiCafe)

5. Ucup bayar dulu es tehnya!

Deskripsi Kocak Menu Makanan di Aplikasi Online (Sumber:

6. Bukan tahu yang ini min!

Deskripsi Kocak Menu Makanan di Aplikasi Online (Sumber: Twitter/  @DekiSqualane

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arus Lalu Lintas Jalan Gatot Subroto Kembali Normal Setelah Ditutup karena Demonstrasi

Posted: 02 Oct 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto kembali normal pada Kamis (3/10/2019).

Ruas jalan ini sebelumnya sempat ditutup selama sepekan akibat unjuk rasa mahasiswa yang menentang RUU KUHP dan UU KPK.

Pantauan di lapangan, ruas Jalan Gatot Subroto menuju ke jalan Slipi maupun ke jalan Semanggi bisa dilalui kendaraan.

Road barrier beton dan kawat berduri yang sempat tersusun di tengah jalan kini sudah dipindahkan ke areal trotoar.

Meski, masih nampak sisa-sisa dari unjuk rasa yang berujung ricuh. Seperti coretan-coretan bernada umpatan serta arang yang mengotori tembok di sekitar jalan Gatot Subroto.

Sementara itu di Gerbang Utama Kompleks DPR/MPR juga terlihat lebih tenang. Kawat berduri tak lagi terpasang melingkari area halaman depan. Aparat TNI-Polri juga tidak lagi bersiaga di area tersebut.

Demonstrasi Berujung Ricuh

Dalam sepekan terakhir, gelombang unjuk rasa menolak RKUHP dan Revisi Undang-Undang KPK sempat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Jakarta salah satunya.

Kala itu, ribuan massa mengepung Kompleks DPR/MPR. Mereka terdiri dari mahasiswa, pelajar, Ormas dan LSM.

Aksi itupun beberapa kali diwarnai kericuhan. Massa memblokir jalan tol dalam kota hingga membakar fasilitas publik.

Polisi yang berupaya membubar massa selalu mendapat perlawanan dari para pengunjuk rasa. Massa melempari polisi dengan batu dan kayu. Polisi pun membalas dengan gas air mata.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri SCTV Bolak Balik Dunia Nina Episode Rabu, 2 Oktober 2019

Posted: 02 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bolak Balik Dunia Nina masih berlanjut. Nina pamitan sama Haris karna mau pindah kerja. Nina bilang dapat telpon dari Pak Salman yang bilang Nina nanti pegang benda itu dia tidak akan hidup susah dan ketemu Haris lagi tiap hari berantem. Padahal Nina sedih kalo harus pisah sama Nina.

Cerota miniseri Bolak Balik Dunia Nina masih berlanjut. Haris mau nyusul Nina tapi Babe nyuruh Haris buat ketemu Ifah yang kakinya tambah sakit. Saat Nina sudah sampai di tempat om Salman, ternyata dia adalah Edward yang pakai suara samaran.

Edward akan kasih kartu unlimited ke Nina dan Nina bisa beli apa aja asal Nina balikan sama Edward. Tapi Nina gak mau. Edward maksa. Edward kunci Nina di kamar. Ratna ketemu teman lama dan tanya soal Salman.

Ternyata Salman udah meninggal. Ratna jadi khawatir soal Nina. Ratna tanya ke Haris yang lagi dikontrakan Ifah. Dan, Bolak Balik Dunia Nina selanjutnya?

 

Menghajar Edward

Miniseri Bolak Balik Dunia Nina tayang perdana, Senin (23/9/2019) mulai pukul 15.30 WIB, setiap Senin-Jumat (Tobali Putra Productions)

Haris dan Jojo cari Nina melacak lewat hpnya. Mereka menyusul Nina. Nina ada di villa daerah terpencil. Nina berhasil kabur keluar  villa namun Edward masih mengejar. Edward sangat posesif kasar ke Nina sampai Nina bisa menerima cintanya. Untunglah Haris datang tepat waktu dan menghajar Edward.

Ratna senang Nina bisa pulang dengan selamat. Tapi Babe tiba-tiba pengen Haris segera menikah dadakan dengan Ifah. Haris menolak. Babe mengusir Haris kalau Haris tidak mau menikah dengan Ifah. Haris pamit pergi dari rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Arsenal Vs Standard Liege: Demi Posisi Puncak Klasemen

Posted: 02 Oct 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Arsenal bakal melawan Standard Liege di Emirates Stadium pada matchday 2 Grup F Liga Europa 2019/20, Jumat (3/10/2019) dini hari WIB. Mampukah Arsenal mengalahkan klub asal Belgia ini?

Arsenal dan Standard Liege sama-sama memenangi laga pertama mereka. Bertemu di laga kedua, pemenangnya bisa berdiri sendirian di puncak klasemen sementara.

Arsenal mengawali langkah di grup ini dengan gemilang. Bertandang ke Jerman untuk menghadapi Eintracht Frankfurt, pasukan Unai Emery menang tiga gol tanpa balas. Mereka menang lewat gol-gol Joe Willock, Bukayo Saka, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Sementara itu, Standard Liege menang 2-0 menjamu Vitoria de Guimares di Belgia. Bunuh diri Florent Hanin dan gol Paul-Jose M'Poku membawa Standard mengalahkan sang wakil Portugal.

Dalam laga terakhirnya di liga masing-masing, Arsenal dan Standard Liege sama-sama meraih hasil imbang.

Arsenal menahan tuan rumah Manchester United 1-1, di mana satu gol mereka dicetak oleh Aubameyang dari assist Bukayo Saka. Di sisi lain, Standard Liege ditahan imbang di kandang sendiri oleh Sporting Charleroi, juga dengan skor 1-1, dan bahkan nyaris kalah sebelum M'Poku menyamakan kedudukan di penghujung laga.

Pertemuan terakhir Arsenal dan Standard Liege tersaji di fase grup Liga Champions 2009-2010 silam. Arsenal mengalahkan Standard Liege 3-2 di Belgia pada matchday pertama, dan menang 2-0 di London pada matchday kelima.

Arsenal sejauh ini masih punya rekor sempurna melawan Standard Liege di kompetisi klub UEFA. Arsenal memenangi keempat pertemuan mereka sebelumnya, mencetak 15 gol dan hanya kebobolan dua. Rekor sempurna The Gunners itu sepertinya belum akan terpatahkan.

Komposisi Pemain dan Statistik

Gelandang Arsenal, Matteo Guendouzi melewati gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen selama pertandingan Liga Inggris di stadion Emirates di London (1/9/2019). Arsenal bermain imbang 2-2 atas Tottenham. (AP Photo/Alastair Grant)

Prakiraan Susunan Pemain 

  • Arsenal (4-2-3-1): Martinez; Tierney, Holding, Mustafi, Bellerin; Willock, Ceballos; Nelson, Ozil, Maitland-Niles; Martinelli
  • Pelatih: Unai Emery
  • Standard Liege (4-3-3): Vanja Milinkovic-Savic; Gavory, Laifis, Vanheusden, Vojvoda; M'Poku, Bokadi, Bastien; Limbombe, Emond, Carcela-Gonzalez
  • Pelatih: Michel Preud'homme

Head to Head

  • Pertemuan: 4
  • Arsenal menang: 4
  • Gol Arsenal: 15
  • Imbang: 0
  • Standard Liege menang: 0
  • Gol Standard Liege: 2

Rekor 4 Pertemuan Terakhir

  • 25-11-2009 Arsenal 2-0 Standard Liege (UCL)
  • 17-09-2009 Standard Liege 2-3 Arsenal (UCL)
  • 03-11-1993 Standard Liege 0-7 Arsenal (UEFA Cup Winners' Cup)
  • 20-10-1993 Arsenal 3-0 Standard Liege (UEFA Cup Winners' Cup)

 

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 02/10/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Resmikan Pusat Studi Ekonomi Islam hingga Menara Masjid Gontor Ponorogo

Posted: 02 Oct 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meresmikan Gedung Pusat Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dan Menara Baru Masjid Jami' Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (3/10/2019).

Rombongan Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Universitas Darussalam Gontor pada pukul 07.45 WIB dengan menggunakan helikopter Super Puma, ditemani oleh Menkominfo Rudiantara, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, dan didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dari Universitas Darussalam Gontor kemudian JK beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pondok Modern Darussalam Gontor dengan menggunakan transportasi darat. Di Gontor, Wapres bersilaturahim dengan pimpinan dan pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor, di antaranya KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, KH. Hasan Abdullah Sahal, dan KH. Syamsul Hadi Abdan.

Hadir pula anggota badan wakaf dan juga ketua-ketua lembaga di PMDG. Usai pertemuan di Balai Pertemuan Pondok Modern Gontor, JK didampingi pimpinan pondok beserta jajarannya, meresmikan menara baru Masjid Jami' Pondok Modern Darussalam Gontor yang ditandai dengan ditekannya tombol peresmian serta penandatanganan prasasti peresmian menara tersebut.

Usai peresmian menara baru itu, JK langsung menuju ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor untuk menyerahkan dan meresmikan Gedung Pusat Studi Ekonomi Islam UNIDA Gontor atau Center of Islamic Economic Studies (CIES), yang pada awal peletakan batu pertamanya juga dilakukan oleh Jusuf Kalla dan Suahaeli Kalla yang mewakili dari pihak keluarga.

Gedung CIES itu akan difungsikan sebagai gedung pusat studi ekonomi Islam, pusat kajian, dan gerakan bisnis strategis yang terkait dengan pengembangan ekonomi dan manajemen.

Gedung yang terdiri dari dua lantai dengan luas 52 meter x 29,5 meter tersebut, menelan dana pembangunan total sekitar Rp 11 miliar. Seluruh pembiayaannya merupakan bantuan dari keluarga Haji Kalla.

Dari Gontor, selanjutnya Jusuf Kalla bersama rombongan terbatas direncanakan menuju ke Surabaya dengan menggunakan helikopter yang sama, untuk melantik Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur. Usai dari Surabaya, JK dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Kamis siang.

Wapres JK Juga Akan Lantik Pengurus DMI Jawa Timur

Wapres Jusuf Kalla (JK) mendatangi  TPS 03 Kelurahan Pulo, Jakarta Selatan, Rabu (19/4). Ditemani istri, Mufidah Kalla dan sang cucu, JK memberikan suaranya pada Pilkada DKI putaran kedua di TPS bernuansa Betawi tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan melantik kepengurusan PW DMI Jatim masa bakti 2019-2024 di Surabaya, Kamis, 3 Oktober 2019.

"Pak Jusuf Kalla sudah konfirmasi akan hadir. Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga demikian. Harapan kami, para menteri di Kabinet Kerja yang pengurus DMI juga bisa hadir," kata Ketua Panitia Pelantikan KH Zahrul Azhar Asumta As'ad di Surabaya, Rabu, 2 Oktober 2019.

Sementara itu, Ketua PW DMI Jatim KH M Roziqi kepada wartawan mengatakan, fokus utama kepengurusan baru, yakni tetap akan memakmurkan masjid dengan melakukan dakwah, pengajian serta memperingati hari-hari besar Islam.

"Tapi yang perlu diperhatikan, yaitu dimakmurkan oleh masjid. DMI bersama takmir masjid akan berupaya keras untuk menjadikan dan membawa jamaah menjadi makmur, baik secara lahir maupun batin," ujar dia.

Oleh karena itu, Roziqi memaparkan, PW DMI Jatim akan mencoba mengelola masjid dengan manajemen yang baik, misalnya punya koperasi, serta kegiatan-kegiatan pos pemberdayaan yang berbasis masjid. Selain itu, lanjut dia, PW DMI Jatim juga akan mendorong peningkatan zakat maupun wakaf untuk dijadikan modal bergulir bagi jamaah yang perlu mendapatkan perhatian.

"Begitu pula dari sisi lain, misalnya menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan, mulai dari RA, TK sampai Aliyah dan seterusnya. Dari masjid inilah akan berkembang pendidikan, kalau bisa sampai ke perguraun tinggi. Sehingga dari masjid akan tumbuh generasi yang islami dan kuat," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Jalanan di Libya yang Penuh Sampah

Posted: 02 Oct 2019 09:16 PM PDT

Mobil parkir di dekat tumpukan sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Sampah yang berserakan di jalan tersebut menambah cobaan sehari-hari bagi penduduk ibukota yang kehidupannya telah diselingi kekurangan bahan bakar, listrik, dan air. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Mobil parkir di dekat tumpukan sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Sampah yang berserakan di jalan tersebut menambah cobaan sehari-hari bagi penduduk ibukota yang kehidupannya telah diselingi kekurangan bahan bakar, listrik, dan air. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Seorang pria berjalan di dekat tumpukan sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Muak dengan bau dan pemandangan tikus dan kucing liar, penduduk mengambil untuk membakar sampah, hanya untuk mengganti bau busuk dengan kolom asap yang memuakkan. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Seorang pria berjalan di dekat tumpukan sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Muak dengan bau dan pemandangan tikus dan kucing liar, penduduk mengambil untuk membakar sampah, hanya untuk mengganti bau busuk dengan kolom asap yang memuakkan. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Kendaraan melintas di samping tumpukan sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Truk sampah kota tidak lagi mengumpulkan sampah karena TPA utama kota ada di garis depan. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Kendaraan melintas di samping tumpukan sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Truk sampah kota tidak lagi mengumpulkan sampah karena TPA utama kota ada di garis depan. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Tumpukan sampah terlihat di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Sampah yang berserakan di jalan tersebut menambah cobaan sehari-hari bagi penduduk ibukota yang kehidupannya telah diselingi kekurangan bahan bakar, listrik, dan air. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Tumpukan sampah terlihat di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Sampah yang berserakan di jalan tersebut menambah cobaan sehari-hari bagi penduduk ibukota yang kehidupannya telah diselingi kekurangan bahan bakar, listrik, dan air. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Seorang pria mencari sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Muak dengan bau dan pemandangan tikus dan kucing liar, penduduk mengambil untuk membakar sampah, hanya untuk mengganti bau busuk dengan kolom asap yang memuakkan. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Seorang pria mencari sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Muak dengan bau dan pemandangan tikus dan kucing liar, penduduk mengambil untuk membakar sampah, hanya untuk mengganti bau busuk dengan kolom asap yang memuakkan. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Seorang pria berjalan di dekat tumpukan sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Truk sampah kota tidak lagi mengumpulkan sampah karena TPA utama kota ada di garis depan. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Seorang pria berjalan di dekat tumpukan sampah di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Truk sampah kota tidak lagi mengumpulkan sampah karena TPA utama kota ada di garis depan. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Tumpukan sampah terlihat di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Sampah yang berserakan di jalan tersebut menambah cobaan sehari-hari bagi penduduk ibukota yang kehidupannya telah diselingi kekurangan bahan bakar, listrik, dan air. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

Tumpukan sampah terlihat di sepanjang sisi jalan di Tripoli, ibukota Libya (30/9/2019). Sampah yang berserakan di jalan tersebut menambah cobaan sehari-hari bagi penduduk ibukota yang kehidupannya telah diselingi kekurangan bahan bakar, listrik, dan air. (AFP Photo/Mahmud Turkia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Negara Ini Izinkan Warganya Menembak Pejabat yang Korupsi

Posted: 02 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Rodrigo Duterte memang sudah tidak asing lagi di dunia Internasional. Hal ini karena banyaknya kontroversi dan kebijakan-kebijakan tak biasa yang dibuat. Rodrigo Duterte adalah presiden Filipina yang sering disebut-sebut sering menyikat penjahat. 

Gaya bicaranya yang nyeleneh dan blak-blakan membuat popularitasnya kian meroket dan bahkan dijuluki "Donald Trump Asia". Selain itu kebijakan-kebijakan yang ditelurkan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte ini memang kerap kali mencuri perhatian dunia. Yang baru-baru ini menjadi sorotan adalah kegeramannya terhadap pejabat yang masih melakukan korupsi.

Beberapa waktu lalu ia menghancurkan mobil dan motor mewahnya sebagai bentuk janjinya memberantas korupsi. Kini presiden Filipina ke-16 ini memberi izin warganya untuk menembak pejabat yang korupsi, seperti yang Liputan6.com lansir dari Gulf News, Kamis (3/10/2019).

Jangan Sampai Membunuh

Presiden Filipina Rodrigo Duterte memberi tahu puluhan polisi yang berada di hadapannya bahwa mereka akan diawasi. (Ted Aljibe/AFP)

Duterte mengatakan dalam pidatonya, siapa pun dapat menembakkan peluru kepada pejabat yang melakukan tindak korupsi di negara tersebut. Duterte juga mengatakan, warganya bisa menembak mereka (koruptor), namun jangan sampai membunuhnya.

Bagi warga yang menyerang pejabat yang korup tidak akan dikirim ke penjara, melainkan hanya didakwa karena menyebabkan cedera. Duterte bahkan bersumpah membela warganya yang siap menembak koruptor. Presiden berusia 74 tahun ini tak puas dengan upaya pemberantasan korupsi di negaranya.

Sebelumnya pada 2016, Duterte mengatakan akan melempar pejabat publik yang melakukan korupsi dari atas helikopeter yang sedang terbang. Ia mengakui, korupsi merupakan salah satu masalah tersebesar dalam pemerintahannya kini. Beragam aksi yang dilakukukan oleh Presiden Filipina ini memang acapkali mencuri perhatian dunia.

Selain memberantas korupsi di negaranya, ia juga terkenal dengan aksinya melawan narkoba. Sudah tiga tahun sejak Duterte berkuasa pada 2016 dan berjanji memberantas narkoba. Bahkan ia memberi wewenang polisi untuk membunuh terduga pengedar atau pecandu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Inovasi Pelayanan Publik Bakal Diterapkan Secara Nasional

Posted: 02 Oct 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan, sebanyak delapan inovasi yang berasal dari instansi pemerintah pusat dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan direplikasi secara nasional.

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Noviana Andrina menyampaikan, tujuan replikasi atau scaling up ini adalah untuk percepatan replikasi inovasi pelayanan publik dan mewujudkan pelayanan prima.

"Kami mengundang kementerian yang mengusulkan inovasinya. Kita dengar bagaimana kiat-kiat dan filosofi dari Kemendagri tentang kependudukan. Kedua, dari Kemenkes memberikan bagaimana inovasi ini berjalan dan bagaimana kebijakan ini melindungi inovasi yang akan direplikasi," jelas Noviana dalam sebuah keterangan tertulis, Kamis (3/9/2019).

Adapun kedelapan inovasi yang akan direplikasi secara nasional tersebut salah satunya adalah Rumah Belajar yang diusulkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya, ada inovasi 119 Kolaborasi Nasional Layanan Emergensi Medik dari Kementerian Kesehatan.

Kemudian dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan inovasi Penanganan Pengaduan Berperspektif Korban, lalu inovasi Kakeku Datang (Kartu Keluarga Ku Data Ulang) Pemkab Gresik yang diusulkan Kementerian Dalam Negeri.

Masih dari Kementerian Dalam Negeri, inovasi Model Pelaksanaan Pilkades melalui e-voting Pemkab Batang Hari juga akan direplikasi. Tak hanya dari kementerian, Polri mengusulkan tiga inovasi sekaligus, yakni SKCK Online dari Polres Sidoarjo, SIM Online, dan Aplikasi Polisiku.

Noviana berharap, dengan kegiatan scaling up ini nantinya dapat menumbuhkan minat pemerintah daerah untuk mereplikasi kedelapan inovasi yang telah ditetapkan secara nasional.

 

Wujudkan Pelayanan Efektif dan Efisien

Intip Aktivitas di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor, Jawa Barat (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Dengan hal tersebut, pemerintah daerah atau Polres yang memiliki permasalahan yang sama dengan latar belakang kedelapan inovasi dapat langsung mereplikasi sehingga terwujud pelayanan yang efektif dan efisien.

Dia mengatakan, Kementerian PANRB akan melakukan langkah pembinaan, pengawasan dan monitoring evaluasi terhadap replikasi yang dilakukan setiap unit kerja. "Kita juga akan membuat suatu sistem database, dimana inovasi yang sudah ada, kemudian bagaimana penyebarannya, dan bagaimana daerah-daerah melakukan replikasi," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah juga mendukung kegiatan scaling up sebagai upaya memperbaiki kualitas pelayanan publik ke depan.

"Oleh sebab itu, komitmen pimpinan atau kepala daerah sangat penting dalam kegiatan replikasi inovasi pelayanan publik. Selain itu juga diperlukan kerjasama bersama swasta untuk mendukung kemudahan melakukan replikasi inovasi," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuma Sebulan, Motor Trail Ini Ditawarkan dengan Harga Khusus

Posted: 02 Oct 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Viar memberikan harga khusus untuk motor trailnya, Cross X150. Harga khusus tersebut sengaja diberikan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober.

Jika harga normal Rp17,94 juta, maka Viar Cross X150 kali ini dijual menjadi Rp15 jutaan on the road Jabodetabek. 

Tapi tunggu dulu. Harga tersebut hanya berlaku mulai 1 sampai 30 Otober 2019. Setelah itu harga jual kembali normal.

Harga spesial yang diberikan hanya mencakup pulau Jawa dan Bali. Namun Viar menyatakan harga di daerah lain tidak berbeda jauh lantaran ada penyesuaian.

"Kami berharap dengan adanya program ini dapat membantu mewujudkan keinginan teman-teman untuk memiliki motor trail yang mumpuni baik untuk digunakan sehari-hari ataupun untuk mengakomodir hobi teman-teman," kata Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia.

 

Cross X 150 merupakan sepeda motor Trail berkubikasi 150cc rakitan Viar Motor Indonesia yang dirancang dengan konsep dual purpose sehingga mumpuni untuk digunakan di segala kondisi.

 

Fitur-Fitur

Pada sektor pengereman, Cross X 150 telah dilengkapi dengan sistem cakram pada roda depan dan belakang.

Kemudian untuk peredam kejutnya, Cross X 150 telah dibekali dengan model upside down pada bagian depan dan monoshock pada bagian belakang.

Viar memberikan garansi pada mesin selama 3 tahun dan kelistrikan 1 tahun.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Bungkam Lille, Lampard Puji Tomori

Posted: 02 Oct 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Lille- Chelsea mampu bangkit di matchday kedua Liga Champions usai kalahkan Lille 2-1,Kamis (3/10/2019) dini hari WIB. Ini menjadi kemenangan pertama The Blues setelah pada laga sebelumnya kalah.

Chelsea berada di atas angin saat Tammy Abraham mencetak gol pada menit ke-22. Akan tetapi, Lille tidak menyerah begitu saja. Pada menit ke-33, Victor Osimhen membuat skor imbang 1-1.

Setelah menanti cukup lama, Chelsea baru kembali mencetak gol pada menit ke-77. Adalah Willian yang memastikan kemenangan Chelsea atas Lille. Pemain asal Brasil membuat skor akhir laga menjadi 1-2 untuk Chelsea.

Performa solid yang ditunjukkan oleh Chelsea membuat Frank Lampard memberi pujian pada sejumlah pemain. Salah satunya untuk bek muda Fikayo Tomori.

 

 

Pujian Lampard untuk Fikayo Tomori

Fikayo Tomori tampil solid saat Chelsea kalahkan Lille (FRANCOIS LO PRESTI / AFP)

Willian memang menjadi pemain yang memastikan kemenangan Chelsea. Akan tetapi, ada pula kontribusi besar dari bek muda Fikayo Tomori. Pemain berusia 21 tahun tersebut tampil solid di lini belakang dan memberi assist untuk gol Abraham.

"Tomori luar biasa lagi. Dia harus terus melakukannya," ucap Frank Lampard dikutip dari BBC Sport.

Tomori mendapatkan nilai 7,7 dari Whoscored. Nilai tersebut hanya di bawah Willian yang mendapatkan 8.0. Dimainkan selama 90 menit, Tomori mampu membuat lima tekel sukses. Paling banyak dibanding pemain lain.

Lebih dari performa individu pemain, Frank Lampard menyebut hasil di markas Lille sangat penting bagi Chelsea. Apalagi, pada laga perdana di fase grup, mereka harus kalah dari Valencia di kandang sendiri.

"Rasanya sangat menyenangkan. Ini adalah tempat yang sangat sulit untuk dikunjungi, ditambah tekanan untuk tidak kalah seperti saat jumpa Valencia. Dan itu adalah pertama kalinya bagi beberapa orang menjalani laga tandang di Eropa," kata manajer 42 tahun.

Persaingan Ketat di Grup H

Pada laga lain di Grup H, Ajax mampu meraih kemenangan atas Valencia dengan skor 0-3 di Mestalla. Hasil ini membuat Ajax berada di puncak klasemen dengan enam poin.

"Sekarang Ajax telah menetapkan kedudukan mereka di grup. Ini [kemenangan atas Lille] memberi kita kepercayaan diri dan poin. Sekarang kerja keras dimulai," kata Lampard.

Valencia dan Chelsea kemudian menyusul dengan jumlah poin yang sama, 3 poin. Sementara itu, Lille terpuruk di dasar klasemen Grup H karena selalu kalah dalam dua laga yang sudah dimainkan.

Sumber: BBC Sport

Disadur dari Bola.net (Asad Arifin, published 3/10/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Asal Papua Kembali ke Kampus 

Posted: 02 Oct 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seiring mulai terkendalinya situasi di Papua, para mahasiswa asal Papua yang belajar di luar Papua mulai kembali ketempat mereka belajar. Terutama di daerah-daerah yang potensi konfliknya rendah seperti Bandung, Jawa Barat.

Berdasar pengakuan Sisca, salah seorang mahasiswi asal Maybrat, Papua Barat yang kuliah di Bandung, situasi di kampungnya kini sudah mulai kondusif. Kebetulan masa liburan kuliah sudah habis sehingga ia dan kawan-kawan yang kuliah di luar Papua harus kembali belajar di kampusnya masing-masing.

"Kita tinggal di Maybrat. Kebetulan liburan kuliah sudah selesai, jadi kita harus kembali lagi belajar di kampus. Bandung aman-aman saja", jelas Sisca, Selasa (01/10/2019).

Sementara itu dari hasil penelusuran beberapa mahasiswa asal Papua yang belajar di luar Papua, seperti di Jakarta, Depok dan Tangerang sebagian belum kembali ketempat mereka belajar karena terkendala biaya untuk ongkos pulang dan untuk bertahan hidup sehari-hari selama berada di luar Papua. Pada umumnya mereka tinggal di pedalaman Jayapura, Sentani dan Yahukimo.

Sebagian besar dari mereka bahkan mengaku tidak lagi menerima bantuan untuk biaya kuliah dan bulanan selama berada di luar Papua. Padahal sebelumnya Pemerintah Daerah berjanji untuk  memberikan bantuan.

Namun ternyata bantuan itu hanya diberikan berupa tiket keberangkatan ke daerah tempat belajar dan saat pendaftaran kuliah. Untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari dan kebutuhan kuliah, terpaksa mereka mencari bantuan (donatur).

"Sebenarnya kawan-kawan ingin sekali kembali kedae rah study mereka, tapi nampaknya mereka tidak ada biaya untuk kembali", ujar Hanoc, salah satu mahasiswa berprestasi asal Jayapura yang kuliah di Jakarta, Selasa ( 01/10/2019).

Sebelumnya, mahasiswa-mahasiswa Papua yang tergabung dalam Intelektual Muda Papua terus melakukan upaya-upaya positif agar mahasiswa yang kembali ke Papua dapat melanjutkan studinya di luar Papua untuk membangun Provinsi Papua.

Mereka bahkan melakukan deklarasi di Jakarta pada 22 September 2019 yang intinya mengajak dan menghimbau masyarakat Papua untuk saling menjaga dan hidup damai, serta mengajak mahasiswa Papua agar dapat kuliah lagi dengan tenang.

Seperti yang disampaikan Feliks, mahasiswa asal Papua yang menempuh kuliah di Universitas Pamulang (Unpam), Tangerang Selatan,  bahwa dirinya akan tetap melanjutkan kuliah. 

"Adalah sebuah perjuangan untuk bisa kuliah ke luar Papua. Saya ingin ambil kesempatan itu dan tetap melanjutkan kuliah sampai selesai agar dapat membangun tanah Papua menjadi lebih baik," tekadnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKB Ajukan Jazilul Fawaid Jadi Pimpinan MPR

Posted: 02 Oct 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum seluruh fraksi di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyerahkan nama untuk duduk di kursi pimpinan MPR. Dari jatah 10 pimpinan dari tiap fraksi dan 1 unsur DPD, ada tiga partai yang belum juga menyodorkan nama yakni PKB, Demokrat, PDI Perjuangan.

Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Neng Eem Marhamah mengadakan pihaknya kini telah mengantongi  nama yang dirasa pas meenduduki kursi pimpinan, yakni Jazilul Fawaid.

"Semalam kita rapatkan beliau adalah sosok yang punya pengalaman yang cukup. Jadi Fraksi MPR PKB mengusulkan Bapak Jazilul Fawaid," kata Eem saat dikonfirmasi, Kamis (3/10/2019).

Nama Jazizul didapat lewat musyawarah fraksi. Pihaknya juga menginginkan pemilihan Ketua MPR nanti juga lewat musyawarah.

"Kami sepakat secara musyawarah aklamasi kesepakatan. Insyaallah tidak ada pemilihan. Apakah nanti Pak Bamsoet atau Pak Muzani," kata dia. 

9 Fraksi di MPR

Suasana Sidang paripurna ke-2 MPR RI di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Rapat tersebut memiliki agenda mengesahkan jadwal acara sidang dan membentuk fraksi-fraksi dan kelompok Dewan Pimpinan Daerah (DPD). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) terbaru, pimpinan MPR terdiri dari perwakilan seluruh fraksi DPR dan satu unsur dari DPD.

Untuk periode DPR 2019-2024, total ada 9 fraksi. Maka saat ini pimpinan MPR untuk periode ini ada 10.

Sementara itu, saat ini Golkar dan Gerindra terang-terangan menyatakan ingin mendapatkan kursi Ketua MPR.

Untuk Golkar, mereka menyodorkan nama mantan Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani. Kedua pihak optimis akan mendapatkan dukungan dari anggota MPR.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: DPR Buka Lowongan Kerja, Ini Kriterianya

Posted: 02 Oct 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekjen dan Badan Keahlian DPR RI membuka lowongan pekerjaan. Posisi Tenaga Ahli Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI di Lingkungan DPR.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kelakuan Polos Anak-Anak Ini Bikin Elus Dada

Posted: 02 Oct 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa kecil nampaknya menjadi momen yang paling menyenangkan bagi banyak orang. Saat kecil, sebagian besar waktu kita dihabiskan hanya untuk bermain.

Ya, tentu ada begitu banyak kenangan masa kecil yang masih teringat hingga dewasa. Memang anak-anak terkenal dengan sifatnya yang polos. Banyak dari tingkah polos mereka yang tentunya membuat orang dewasa tertawa melihatnya.

Artikel tentang kelakuan polos anak-anak yang bikin elus dada menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang zodiak yang pintar mengendalikan diri. Sementara artikel ketiga terpopuler tentang fakta-fakta menarik anggota DPR termuda.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Kelakuan Polos Anak-Anak, Lucu tapi Bikin Elus Dada

(Foto: Alif Rafik Khan/ Facebook)

Tak selalu bikin kita tertawa, banyak pula tingkah polos anak-anak yang justru membuat kita mengelus dada. Saking polosnya, banyak dari mereka yang justru melakukan hal-hal nyeleneh.

Selengkapnya...

2. Punya Sifat Dewasa, Deretan Zodiak Ini Pintar Mengendalikan Diri

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/seyomedo

Setiap individu tentu memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda. Sifat seseorang ternyata bisa dilihat dari zodiaknya lo, mulai dari sifat dewasa dan mandiri.

Tentu kamu punya beberapa teman yang sepertinya punya pemikiran lebih dewasa ketimbang yang lainnya, bukan? Ternyata ini tak lepas dari pembawaan zodiaknya lo.

Penasaran zodiak apa saja yang punya pemikiran dewasa dan bisa mengendalikan perasaannya?

Selengkapnya...

3. Jadi Anggota DPR Termuda, Ini 5 Fakta Menarik Hillary Brigitta Lasut

Hillary Brigitta Lasut (Sumber: Instagram//hillarylasut)

Hillary Brigitta Lasut baru-baru ini menjadi perbincangan publik. Gadis berusia 23 tahun ini berhasil melenggang ke Senayan sebagai, anggota DPR RI pada periode 2019-2024.

Keberhasilannya menjadi anggota DPR RI, membuat ia dinobatkan sebagai anggota DPR RI termuda pada periode 2019-2024. Hillary Brigitta Lasut sukses mengantongi 70 ribu lebih suara pada saat pemilihan Legislatif 17 April lalu.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Partai Koalisi Pendukung Jokowi Solid Dukung Bambang Soesatyo Jadi Ketua MPR

Posted: 02 Oct 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lima partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo akhirnya solid mendukung satu nama untuk calon ketua MPR. PKB telah menyatakan mendukung Bambang Soesatyo dari Partai Golkar.

"PKB sudah punya kesepahaman punya cara membangun kebersamaan. PKB sudah bulat (dukung Bamsoet)," ujar Ketua Fraksi PKB MPR, Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

PKB menyatakan mendukung Bamsoet karena sejak awal bersama partai Golkar dalam koalisi. PKB, kata Jazilul membangun soliditas bersama.

"Tentu PKB membangun soliditas bersama dengan yang selama ini sudah ada," kata Jazilul.

Dukungan PKB ini melengkapi dukungan partai Koalisi Indonesia Kerja terhadap Bambang Soesatyo. Selain Golkar, paling awal mendorong Bamsoet adalah Nasdem.

Kemudian, PPP menyatakan sesaat sebelum rapat paripurna MPR pertama, Rabu (2/10/2019). Di hari yang sama, PDI Perjuangan memutuskan menyerahkan kursi ketua MPR untuk Golkar.

Ahmad Muzani Berharap Bamsoet Mengalah

Calon pimpinan MPR dari Gerindra, Ahmad Muzani meminta pesaingnya Bambang Soesatyo yang dari Golkar untuk mengalah menjadi Ketua MPR.

Muzani menilai Bambang Soesatyo sudah cukup menjadi Ketua DPR periode 2014-2019. Sementara dirinya menjabat Wakil Ketua MPR hanya 6 bulan. Sehingga dia berharap Bamsoet mengalah dan menyerahkan kursi Ketua MPR kepadanya.

"Jadi ya sudah gapapa, nanti mudah-mudahan Bamsoet nanti mengalah untuk konsensus, ya wis Gerindra saja. Ya alhamdulilah, itu selesai. Namanya MPR, Majelis Permusyawaratan Rakyat. Jadi Permusyawaratan diutamakan, begitu," tegas Muzani di Jakarta, Selasa (2/10/2019).

Dia tidak menyebut berapa fraksi yang mendukungnya sebagai Ketua MPR. Muzani mengaku akan menemui 136 DPD dan melakukan lobi-lobi dengan fraksi Golkar.

"Saya nggak paham ada berapa fraksi. Yang udah pasti fraksi Gerindra," kata Muzani.

Diberitakan, Partai Golkar telah menetapkan Bambang Soesatyo sebagai calon ketua MPR.

"Menugaskan kepada Pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR dari Partai Golkar," ujar Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily.

Rapat internal dilaksanakan di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, usai pelantikan anggota dewan siang ini. Rapat tersebut memutuskan pimpinan DPR, MPR, sampai fraksi. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memimpin rapat tersebut.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usir Kejenuhan, 5 Seleb Tanah Air Ini Menekuni Hobi Memancing

Posted: 02 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang memancing, pasti yang terpikirkan pertama kali adalah kegiatan membosankan. Pasalnya memancing memerlukan ekstra kesabaran dan waktu yang panjang agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Meski termasuk kegiatan yang menguji kesabaran, namun bagi beberapa selebriti Tanah Air memancing adalah kegiatan yang bisa mengusir kejenuhan. Ada beberapa seleb yang mengakui dengan memancing bisa melepaskan penat mereka dari padatnya pekerjaan di dunia entertainment.

Seperti yang diutarakan oleh Abimana Aryasatya tentang kesenangannya memancing. Pemeran Sancaka di film Gundala ini mengutarakan bahwa dengan memancing, ia bisa bengong sepanjang hari dan menikmati waktu santainya.

Selain Abimana, ada beberapa selebriti yang mengakui memiliki hobi memancing. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 5 selebriti Tanah Air yang hobi memancing, Kamis (3/10/2019).

1. Abimana Aryasatya

Usir Kejenuhan, Ini 5 Seleb Tanah Air yang Hobi Memancing (sumber: Instagram.com/abimana_arya)

Abimana Aryastya, aktor kelahiran 24 Oktober 1982 ini pernah mengungkap tentang hobinya memancing. Bagi Abimana, memancing bisa melatih kesabarannya. Selain itu, kebiasaan memancing sudah ditularkan ke Abimana oleh kakeknya sejak dahulu.

"Palingan kita mancing bareng. Gue suka mancing, anak-anak gue juga suka. Gue juga suka main PS bareng-bareng mereka. Hobi mancing ini sih dari kakek gue yang pernah ngajak dulu," ujar Abimana seperti Liputan6.com kutip dari KapanLagi.com (23/3/2016).

Bagi Abimana, walaupun tidak mendapatkan ikan saat memancing, setidaknya ia bisa mendapatkan ketenangan.

"Kalau gue mancing nggak dapet ikan sih terserah ya. Yang penting gue bisa duduk seharian. Bisa bengong tanpa ada yang ganggu," pungkas Abimana.

2. Ruben Onsu

Usir Kejenuhan, Ini 5 Seleb Tanah Air yang Hobi Memancing (sumber: Instagram.com/abimana_arya)

Tidak banyak yang tahu kalau Ruben Onsu juga senang memancing. Ruben sering sekali memancing untuk melepaskan rasa penatnya. Bagi Ruben, dengan memancing bisa membuatnya lebih rileks, tenang dan melatih kesabaran.

"Nah kalau mancing itu harus sabar, kalau nggak sabar, mending lo beli aja di pasar ikannya. Kalau mancing itu bukan masalah ikannya tapi kepuasan ngedapatin ikannya. Kalau mancing itu dibutuhkan kesabaran, rileks dan tenang gitu," terang Ruben seperti Liputan6.com kutip dari KapanLagi.com (22/3/2012).

3. Merry Andani

Usir Kejenuhan, Ini 5 Seleb Tanah Air yang Hobi Memancing (sumber: KapanLagi.com)

Merry Andani, penyanyi dangdut yang namanya dikenal publik di tahun 1994. Pelantun lagu Mungkinkah Kau Kembali ini mengakui sangat gemar memancing. Biasanya Merry memancing ditemani oleh suaminya Ali Handoko. Bagi Merry, memancing bisa melepas rasa penatnya.

"Mancing bagian dari terapi setelah menghadapi kemacetan di Jakarta," ujar perempuan kelahiran Bandung, 1 November 1969 (11/3/2004).

Kini Merry Andani sudah sangat lama tidak terdengar lagi kabarnya. Merry sudah tidak menekuni dunia menyanyi lagi. Ia lebih memilih fokus untuk aktif dalam organisasi kewanitaan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di Malaysia. Merry sudah tinggal di Malaysia selama 15 tahun.

4. Komeng

Usir Kejenuhan, Ini 5 Seleb Tanah Air yang Hobi Memancing (sumber: KapanLagi.com)

Pelawak Komeng juga memiliki hobi memancing. Saking menyukai memancing, Komeng sampai sering terkena marah oleh istrinya, Aprilliana Indra Dewi. Komeng mengungkapkan, memancing bisa melatih kesabarannya dan melatih kedisiplinannya.

"Datang pagi, pulang sore. Kalo belom dapet ikan gak pulang-pulang. Paling diomelin bini," ujar Komeng (2/10/2003).

Kini Komeng sedang disibukkan dengan pekerjaan di acara komedi show. Kesibukkannya ini membuat Komeng harus pintar-pintar mencari waktu buat keluarga dan terlebih untuk hobinya memancing.

5. Ari Dwi Andhika

Usir Kejenuhan, Ini 5 Seleb Tanah Air yang Hobi Memancing (sumber: Instagram.com/arie10andika)

Ari Dwi Andhika, aktor Tanah Air berusia 35 tahun. Ari memiliki hobi memancing dan tak segan beberapa kali menyampaikan pengalaman mancingnya di beberapa media.

Bagi Ari, memancing adalah hal yang susah. Ari perlu belajar terlebih dahulu cara memancing yang benar, sebelum pada akhirnya Ari memahami bagaimana cara memancing yang mudah.

"Awalnya mancing itu susah banget, tapi setelah belajar lama yah jadi mudah kok. Palingan yang pegel itu pas lagi ngaduk umpan aja." ujar Ari Dwi Andika (10/12/2009).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kivlan Zen Jalani Sidang Eksepsi Hari Ini

Posted: 02 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kembali menggelar kasus Kivlan Zen atas penguasaan senjata api ilegal yang diduga untuk digunakan dalam unjuk rasa menolak hasil Pilpres 2019 di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat.

"Iya hari ini mulai sekitar pukul 10.00 WIB," kata kuasa hukum Kivlan Zen, Tonin Tachta, Kamis (3/9/2019).

Sidang lanjutan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan pembacaan eksepsi oleh Kivlan Zen karena ia mengajukan keberatan atas dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum pada sidang perdananya.

"Nanti ada pembacaan eksepsi dalam sidang sekalian persetujuan hakim bagaimana jaksa Divisi Pembinaan Hukum Polri (Binkum) boleh ikut sidang atau tidak," ujar Tonin seperti dilansir dari Antara.

Selain Kivlan Zen, Habil Marati yang juga didakwa dengan kasus yang sama turut mengikuti sidang lanjutan pada hari ini.

Kivlan Zen dan Habil Marati dijerat dengan dua dakwaan, dakwaan pertama pasal 1 ayat 1 UU No. 12/1951 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sedangkan pada dakwaan kedua Kivlan dan Habil dijerat pidana dengan pasal 1 ayat 1 UU no 12/1951 jo pasal 56 ayat (1) KUHP.

Sebelumnya sidang perdana Kivlan Zen dilakukan pada Selasa (10/9) dan baru dilanjutkan pada hari Kamis (3/10) dengan sidang eksepsi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Sungai Jordan Tempat Demi Lovato Dibaptis

Posted: 02 Oct 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Demi Lovato mengungkapkan dalam sebuah unggahannya di Instagram baru-baru ini bahwa dirinya dibaptis di Sungai Jordan dalam sebuah perjalanan spiritual ke Israel.

"Aku penyanyi Amerika. Aku dibesarkan sebagai orang Kristen dan memiliki leluhur Yahudi," tulis Lovato sebagai keterangan foto di Sungai Jordan, seperti dikutip dari USMagazine, Rabu, 2 Oktober 2019.

Ia melanjutkan bahwa ketika ia ditawari kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat yang ia baca dalam Alkitab saat tumbuh dewasa, ia menjawab 'ya'. Ada sesuatu yang benar-benar ajaib tentang Israel.

"Aku belum pernah merasakan spiritualitas atau koneksi dengan Tuhan seperti itu...sesuatu telah hilang beberapa tahun ini," lanjut Lovato.

Bagi Lovato, spiritualitas sangat penting baginya. Dibaptis di Sungai Jordan sama dengan tempat Yesus saat dibaptis. Ia tak pernah merasa lebih baru dalam hidupmnya.

"Perjalanan ini sangat penting bagi kedamaian, hati, dan jiwaku. Aku bersyukur atas ingatan yang dibuat dan kesempatan untuk dapat mengisi celah hatiku dengan Tuhan. Terima kasih telah menerimaku, Israel," ucap Demi Lovato.

Lebih Dekat dengan Sungai Jordan

Sungai Jordan (Dok.Britannica.com)

Sungai Jordan merupakan sungai di Asia Barat Daya, di wilayah Timur Tengah. Letaknya terendah di antara banyak sungai di dunia.

Dikutip dari Britannica, Rabu, 2 Oktober 2019, sungai itu muncul di lereng Gunung Hermon, di perbatasan antara Suriah dan Lebanon, dan mengalir ke selatan melalui Israel utara ke Danau Galilea (Danau Tiberius). Setelah itu, keluar dari laut, lalu ke selatan, membelah Israel dan Tepi Barat yang diduduki Israel di sebelah barat dari Yordania ke timur sebelum bermuara di Laut Mati.

Permukaan laut mati, pada ketinggian 1.410 kaki  atau 430 meter di bawah permukaan laut pada pertengahan 2010-an, adalah titik daratan terendah di Bumi. Sungai Jordan memiliki panjang lebih dari 360 km, tetapi karena jalurnya berkelok-kelok, jarak sebenarnya antara sumbernya dan Laut Mati kurang dari 200 km.

Sungai Jordan memiliki panjang lebih dari 223 mil atau 360 km, karena jalurnya berkelok-kelok, jarak sebenarnya antara sumbernya dan Laut Mati kurang dari 124 mil  atau 200 km.

Setelah 1948, sungai itu menandai perbatasan antara Israel dan Yordania dari tepat di sebelah selatan Laut Galilea ke titik di mana Sungai Yabis mengalir ke sana dari tepi timur (kiri). Namun sejak 1967, ketika pasukan Israel menduduki Tepi Barat, Sungai Yordan telah berfungsi sebagai jalur gencatan senjata sejauh selatan ke Laut Mati. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Utama Olahraga Bola Basket yang Harus Anda Ketahui

Posted: 02 Oct 2019 09:02 PM PDT

Jakarta - Bola basket bisa jadi adalah salah saatu olahraga populer di dunia, selain sepak bola. Dalam sebuah game, bola basket dimainkan oleh 2 tim, yang beranggotakan lima pemain.

Namun, semua pemain memiliki hak bermain yang sama, tidak ada penjaga ring atau penjaga gawang seperti dalam permainan sepak bola.

Bola basket adalah salah satu olahraga populer yang banyak diminati di Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, seperti Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, hingga Indonesia.

Tak sedikit kompetisi bola basket digelar setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, hingga Indonesia Basketball League (IBL).

Bola basket cocok untuk digemari lantaran bisa dimainkan indoor maupun outdoor dan hanya memelukan lapangan yang relatif kecil. Di sisi lain, bola basket juga dinilai lebih kompetitif dengan tempo permainannya yang cenderung lebih cepat ketimbang olahraga bola lain, seperti voli dan sepak bola.

Penggemar olahraga ini tentunya tersebar di segala penjuru dunia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai permainan ini bola basket, berikut ulasan selengkapnya.

 

Tujuan Permainan Bola Basket

Aksi Pebasket Indonesia, Daniel Wenas, saat melawan India pada final Invitation Tournament Asian Games 2018 di GBK Hall Basket, Jakarta. Indonesia menang 78-68 atas India. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Sebenarnya jika dilihat secara umum, jika kita berolah raga tentunya bertujuan membuat kebugaran dan kesehatan tetap terjaga. Begitu juga dalam permainan bola basket.

Namun, yang menjadi tujuan permainan bola basket secara khusus adalah untuk berolahraga sehingga tubuh kita terasa sehat dan bugar, serta dapat menambah tinggi badan, dan melatih kedisiplinan.

Tujuan olahraga yang satu ini memang tidak melulu untuk alasan kesehatan, tetapi permainan bola basket juga menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan. Jadi prestasi juga menjadi salah satu alasan atau tujuan bermain bola basket.

Tujuan utama permainan bola basket adalah membuat nilai sebanyak mungkin dengan memasukkan bola basket ke ring (keranjang) lawan, serta mencegah membalas keunggulan nilai.

Ketika bermain bola basket, para pemain dilarang memainkan bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melemparkan, menggelindingkan atau menggiring bola ke segala arah dalam lapangan permainan.

Di sisi lain, keterampilan mendasar dalam permainan bola basket adalah kemampuan menembakkan bola (shooting) ke dalam ring basket. Hal ini merupakan inti dari strategi permainan dan dapat memberikan hasil nyata secara langsung untuk memenangkan permainan.

Permainan bola basket dilakukan beregu, maka olahraga ini tentu akan melatih kerja sama tim. Dengan kerja sama yang baik tentu akan lebih mudah dalam meraih kemenangan.

Permainan bola basket juga bisa bertujuan melatih sikap kepemimpinan atau leadership. Terlebih untuk Anda yang dipilih menjadi seorang kapten.

 

Manfaat Permainan Bola Basket

Pebasket Houston Rockets, Joe Johnson, berusaha melewati pebasket San Antonio Spurs, Pau Gasol, pada laga NBA di Toyota Center Selasa (13/2/2018). Houston Rockets menang 109-93 atas San Antonio Spurs. (AP/David J. Phillip)

Olahraga bola basket tak hanya memiliki tujuan utama, tetapi juga memiliki sederet manfaat lain, seperti berikut ini:

  1. Melatih otot tubuh. Faktanya, olahraga ini mampu menggerakkan seluruh organ tubuh secara intens. Misalnya saat sedang berlari, mendribel, melempar, dan lainnya yang selalu melibatkan otot tubuh.
  2. Menjaga ketahanan tubuh. Gerakan-gerakan saat bermain bola basket dapat membuat badan menjadi lincah sehingga mampu menjaga ketahanan tubuh.
  3. Menahan daya imunitas tubuh. Tak hanya buah-buahan yang mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh, tetapi olahraga bola basket juga bisa melakukannya. Aktivitas itu merupakan salah satu olahraga yang mampu mencegah bakteri dan virus yang bersifat patogen.
  4. Membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh. Bermain bola basket adalah olahraga yang dilakukan antara kerja sama tangan, kaki, dan mata dalam koordinasi yang erat. Tentunya hal ini akan membangun keseimbangan dan keterampilan fungsi koordinasi tubuh.
  5. Meningkatkan keterampilan motorik. Setiap pemain harus menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh inti dalam olahraga ini, sehingga mampu meingkatkan saraf motoriknya.
  6. Membentuk tubuh ideal. Permainan bola basket adalah aktivitas yang sangat identik dengan olahraga fisik. Karena itulah kalori akan terbakar dengan sendirinya.
  7. Tubuh menjadi lebih tinggi. Tak sedikit atlet bola basket memiliki badan yang tinggi. Hal itu dikarenakan permainan bola basket mampu meregangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulang kaki. Dengan memanjangkan tulang-tulang tersebut, tubuh akan menjadi lebih tinggi.
  8. Menurunkan berat badan. Olahraga bola basket dapat membakar sekitar 700-750 kalori yang ada, sehingga lemak yang berlebih akan hilang saat bermain.
  9. Menghindari osteoporosis. Hal ini bermanfaat lantaran melakukan aktivias lari yang dapat membuat tulang-tulang dalam tubuh akan semakin kuat jika dilakukan secara teratur.
  10. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Bola basket adalah permainan cepat yang melibatkan banyak lari, dribbling, berbalik cepat, passing, melompat, dan melempar bola ke ring. Jadi, olahraga ini dapat berfungsi sebagai latihan kardiovaskular yang efektif, karena mempercepat pernapasan dan meningkatkan pasokan darah yang mengangkut manfaat oksigen ke otot-otot.

Disadur dari Bola.com (Novie Rachmayanti/Yus Mei Sawitri/Published 03-10-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerakan Anak Muda Bantu Bangun Rumah 28uild Juga Menyasar Surabaya

Posted: 02 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Habitat for Humanity Indonesia menginisiasi gerakan 28uild (to build), yaitu ajakan untuk generasi muda membangun rumah layak huni bagi keluarga berpenghasilan rendah secara serentak di Surabaya, Yogyakarta, Jakarta dan Batam dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda.

"Melalui 28uild, Habitat ingin banyak orang muda bersatu membangun Indonesia dengan melakukan aksi nyata membantu keluarga berpenghasilan rendah memiliki rumah layak huni sehingga hidup lebih sehat dan sejahtera," kata Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto Samsudin di Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019, dilansir Antara.

Dia mengatakan, pembangunan itu dilakukan secara bersama-sama di empat kota pada 26 Oktober 2019. Gerakan tersebut berupaya menyatukan semangat orang muda Indonesia sebagai sebuah bangsa.

Secara khusus, kata dia, gerakan itu agar meningkatkan kesadaran orang muda akan permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia sehingga tergerak memberi solusi sesuai dengan bidang dan karya mereka masing-masing.

Susanto mengatakan 28uild akan melibatkan lebih dari 500 relawan di empat kota yang serentak melakukan pembangunan rumah layak huni serta melakukan pengecatan di area Mauk, Tangerang dan Yogyakarta pada 2019.

 

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Gerakan untuk menciptakan vibrant village yang disponsori Propan ICC dan Kairos Christian School itu, kata dia, juga akan dihadiri tokoh inspiratif, seperti Han Chandra, Agnesia Walandouw dan Amelia Nadine.

Dia mengatakan, gerakan yang diinisiasi pada 2012 itu telah melibatkan lebih dari 3.500 relawan muda di berbagai kota di Indonesia serta berbagai tokoh publik, seperti Daniel Mananta, Olivia Jensen, Josh Kunze, Whulandary Herman, Kelly Tandiono, Indra Bekti, Gilang Bhaskara, Prilly Latuconsina, Cameo Project dan lainnya.

Selama 22 tahun Habitat for Humanity Indonesia beroperasi di Indonesia, kata dia, pihaknya telah mendorong masyarakat, khususnya keluarga berpenghasilan rendah, untuk dapat hidup lebih mandiri, sejahtera dan sehat. Habitat for Humanity Indonesia hingga tahun 2019 telah melayani lebih dari 75.896 keluarga di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Penutupan Karang Dempel, PSK Ancam Kumpulkan Pakaian Dalam

Posted: 02 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Rencana penutupan lokalisasi Karang Dempel Kupang pada Jumat besok, 4 Oktober 2019, menuai penolakan dari 154 penghuni lokalisasi yang tergabung dalam Aliansi Tolak Penggusuran Karang Dempel. 

"Kami menolak dipulangkan sebelum ada peningkatan skil. Ini tidak adil, karena hanya KD yang ditutup, sementara yang lain terus beroperasi," kata Koordinator Umum ATP Karang Dempel, May Niawati kepada Liputan6.com, Kamis (3/10/2019).

May mengatakan, Pemkot Kupang seharusnya bersikap adil dalam melakukan penutupan lokasi prostitusi di Kota Kupang. Pemkot wajib memberikan peningkatan kapasitas pelatihan dan peningkatan peralihan skil para Pekerja Seks Komersial (PSK) selama 6 bulan sebelum pemulangan, dan wajib merealisasi anggaran modal usaha kepada pekerja seks.

"Selama ini kami diintimidasi dalam bentuk razia Sat Pol PP," katanya.

May bahkan mengancam, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, seluruh PSK bersama mantan PSK akan melakukan aksi pengumpulan pakaian dalam bekas (CD dan BH) sebagai simbol perlawanan.

 

Dampak Penutupan Karang Dempel

Salah satu PSK, Adelia mengatakan, pemberlakuan SK Nomor 176/KEP/HK/2018 soal penutupan lokasi prostitusi Karang Dempel (KD) Kupang tersebut, belum diikuti komitmen Pemkot Kupang atas semua yang dijanjikan, mulai dari pelatihan alih skil hingga biaya pemulangan PSK.

Pemkot, kata Adelia, hanya mempertimbangkan moral dan menutup mata soal dampak yang akan diterima jika prostitusi KD ditutup, yaitu meningkatnya angka pengangguran, meningkatnya penyebaran HIV/ AIDS akibat hilangnya kontrol pemerintah, hingga munculnya praktik-praktik prostitusi terselubung.

Catatan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang, jumlah ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) di Kota Kupang sebanyak 1.353 orang. Dari jumlah tersebut Wiraswasta menyumbang sebesar 20 persen, diikuti IRT sebesar 13 persen, pekerja seks sebesar 10 persen, dan PNS 8 persen.

Dari 10 persen pekerja seks ODHA, Karang Dempel menyumbang 12 orang dari 126 pekerja seksnya juga pekerja seks rentan terhadap tindak kekerasan dan rata-rata pekerja seks tersebut berasal dari keluarga miskin yang berpendidikan rendah dan tidak memiliki keahlian tertentu.

Fakta empirik yang terjadi 1 Oktober 2019, Dinsos Kota kupang bersama LSM yang bekerja sama dengan pemerintah, mendatangi mantan pekerja seks guna melakukan sosialisasi. Dari hasil penyampaian, ada 68 PSK yang nantinya akan dipulangkan pada tanggal 4 Oktober 2019. Hal ini sangat bertolak belakang dari data yang sebelumnya berjumlah 154.

"Artinya masih ada 46 orang yang masih terkatung nasibnya akibat dari penetapan Dinas Sosial Kota Kupang terhadap mantan pekerja seks yang masih berada di Karang Dempel," jelasnya.

 

Janji Palsu

Kementerian Sosial bersama Pemkot Kupang sebelumnya sudah menggelar sosialisasi kepada para PSK soal penutupan Karang Dempel. Mereka dijanjikan, sebelum para PSK dipulangkan ke daerah asal, mereka akan dibekali pelatihan alih skil, dana modal usaha Rp6 juta. Namun fakta di lapangan para PSK mengaku tidak pernah mendapatkan apa yang selama ini dijanjikan pemerintah.

Para PSK pun menolak penutupan prostitusi itu dan membentuk Aliansi Tolak Penggusuran Karang Dempel. Mereka menawarkan solusi alternatif, yaitu pembenahan sistem pengelolaan terhadap lokasi Karang Dempel dengan mengutamakan peningkatan kesehatan pekerja seks serta berorientasi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Kupang.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Kebanjiran Impor Tekstil, Mendag Bakal Lakukan Audit

Posted: 02 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menuturkan pihaknya akan melakukan audit bersama satgas (satuan tugas) atas semakin derasnya produk impor tekstil Cina yang masuk ke pasar Indonesia.

Satgas sendiri, akan beranggotakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Bea Cukai, Kemendag, hingga pengusaha tekstil sendiri yaitu Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).

"Kita akan audit kapasitas industri dan berapa kebutuhanya," tuturnya di Malang, Jawa Timur, Kamis malam (3/9/2019).

Enggar menjelaskan, potensi kebocoran produk impor asal negeri tirai bambu tersebut disebabkan masih banyaknya industri yang tak jujur mengenai kapasitas industrinya.

Seperti diketahui, industri hulu domestik yang memproduksi serat dan benang tengah digempur produk impor kain akibat kebijakan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 64 Tahun 2017 tentang Ketentuan Impor Tekstil dan Produk Tekstil.

Kondisi ini pun menyebabkan produk dari industri hulu, khususnya di sektor pembuatan kain kalah bersaing dengan kain impor karena tak banyak diserap oleh industri garmen di hilir.

"Untuk tekstil audit tetap di pusat logistik berikat (PLB), tapi hanya kapan ini dari PLB keluar, siapa yang akan berikan izin keluar gitu, siapa yang meriksa. Sedangkan pilihan kedua adalah on behalf pemeriksaan oleh Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia," ujarnya.

"Tetapi, dengan segala hormat bukan nggak percaya kepada lembaga survei, hanya pengetahuan mengenai sekarang HS code itu dari 12 digit menjadi 8 digit. 8 digit artinya terjadi penggabungan yang menjadi satu. Dan yang lebih punya kemampuan berdasarkan pengalaman itu adalah bea cukai. So kita balikin ke bea cukai," lanjut dia.

 

Dipicu Bea Masuk Industri Tekstil dan Produk Tekstil

Pekerja menyelesaikan jahitan pesanan pelanggan di kawasan Tambora, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) semakin tertekan akibat gempuran produk impor dari China. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Asal tahu saja, selain impor, masalah yang menimpa industri tekstil juga dipicu bea masuk industri TPT yang tidak harmonis. Ia menuturkan industri hulu tekstil mendapatkan bea masuk lebih tinggi ketimbang hilir.

Contohnya, produk serat dan benang filamen dikenaikan bea masuk 5 persen ditambah bea masuk anti dumping sebesar 9-15 persen. Dengan kata lain, total bea masuk yang mereka tanggung mencaoai 14-20 persen.

Namun di sisi lain, industri hilir seperti garmen mendapatkan fasilitas bea masuk 0 persen.

Atas masalah itu, ia meminta pemerintah melakukan langkah safeguard sementara berupa harmonisasi bea masuk. Bentuk bea masuk yang ideal seharusnya piramida artinya makin ke hulu makin besar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool vs Salzburg: Ini Deretan Twit Olok-olok untuk Virgil van Dijk

Posted: 02 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liverpool - Liverpool sukses menang menang 4-3 atas RB Salzburg di laga sengit fase Grup E Liga Champions, di Stadion Anfield, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB. Tapi, suporter-suporter tim rival Liverpool tetap mengolok-oleh The Reds. 

Kali ini, sasaran olok-olok fans adalah bek Liverpool, Virgil van Dijk. Dia menjadi bulan-bulan di media sosial setelah dipecundangi striker Salzburg, Hwang Hee-chan. 

Hwang benar-benar membuat Van Dijk sakit kepala kepala. Pemain asal Korea Selatan itu berhasil memperdaya salah satu bek terbaik di dunia tersebut, sebelum mencetak gol yang membuat kedudukan menjadi 1-3. 

Aksi Hwang tersebut istimewa. Alasannya, dia berhasil mendribel melewati Van Dijk. Sekadar informasi, Van Dijk telah melewati 55 laga beruntun di Premier League tanpa pernah ada pemain yang mampu mendribel melewatinya. 

Rekor itu juga menjadi salah satu catatan istimewa Van Dijk. Bahkan, pemain seperti Sergio Aguero, Kevin de Bruyne, jingga Eden Hazard tak mampu mendribel melewati Van Dijk. 

Tapi, malah Hwang yang mampu melakukannya. Van Dijk hanya bisa berdiri dan melihat ketika tendangan Hwang menjebol gawang Liverpool pada menit ke-39. 

Kegagalan Virgil Van Dijk itu disambut fans tim lawan dengan cuitan-cuitan kocak dan menggelitik di Twitter. Seperti apa twit-twit kocak mereka? 

 

 

 

Twit-Twit Lucu

Virgil van Dijk - Bek (Liverpool/Belanda). (AP/Rui Vieira)

Berikut ini twit-twit kocak untuk bek Liverpool, Virgil van Dijk

1. "Momen ketika jiwa Van Dijk dikirim balik ke Southampton"

2. "Saya sampai pada kesimpulan Hwang adalah striker terbaik di dunia. Tak ada yang menyamainya untuk urusan memecundangi Van Dijk"

3. "Momen ketika kita menyadari Van Dijk adalah manusia"

1 komentar:

michelle mengatakan...

Numpang promo ya Admin^^
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^