Jumat, 04 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kriminal Surabaya Sepekan: Pencurian Toko hingga Sepasang Kekasih Nekat Curi HP

Posted: 04 Oct 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali pekan ini, Operasi Sikat Semeru 2019 di wilayah setempat mengungkap sejumlah kasus tindak kejahatan. Salah satunya di Mojokerto, Jawa Timur.

Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Mojokerto, Jawa Timur mengamankan sebanyak 37 orang pelaku kejahatan dari 41 kasus tindak kejahatan selama pelaksanaan operasi Sikat Semeru 2019.

Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno menuturkan, operasi Sikat Semeru digelar 12 hari.Pada operasi tersebut mengambil poin utama 3C yakni pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), dan juga pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

"Kami tidak akan berhenti untuk memberantas tindak kejahatan curat, curas, dan curanmor di Kabupaten Mojokerto," tutur dia dilansir Antara, Selasa, 1 Oktober 2019.

Selain itu, polisi juga menangkap sepasang kekasih di Surabaya, Jawa Timur yang mencuri hp di sebuah restoran. Kedua pelaku tersebut tak menyadari jika aksi pencurian terekam cctv.

Sementara itu, seorang pemuda di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur diringkus polisi karena menganiaya perempuan paruh baya yang tengah mencari rumput. Anggota Buru Sergap Polres Probolinggo mengamankan pelaku BD (35), warga Desa Pandean, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Ingin tahu berita kriminal yang terjadi pada pekan ini? Berikut sejumlah berita kriminal pada pekan ini yang dirangkum, Sabtu (5/10/2019):

1.Kasus Pencurian Toko dan Gudang Mendominasi di Mojokerto

Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Mojokerto, Jawa Timur menangkap sebanyak 37 orang pelaku kejahatan dari 41 kasus tindak kejahatan selama pelaksanaan operasi Sikat Semeru 2019 di wilayah hukum setempat.

Kapolres Mojokerto AKBP, Setyo Koes Heriyatno mengatakan, operasi Sikat Semeru digelar 12 hari dan mengambil poin utama 3C yakni pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan juga pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

"Kami tidak akan berhenti untuk memberantas tindak kejahatan curat, curas dan curanmor di Kabupaten Mojokerto," ujar dia dilansir Antara, Selasa, 1 Oktober 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Sepasang Kekasih Nekat Curi HP

Ilustrasi Penangkapan. IOL

2.Perampok Berkedok Petugas PDAM Dihakimi Massa di Pasuruan

Dalam video amatir berdurasi setengah menit ini, sejumlah polisi berpakaian preman sedang mengevakuasi seorang lelaki yang gagal merampok di kantor Koperasi Simpan Pinjam, di Perumahan Pesona Candi, Kecamatan Bugul Kidul, Pasuruan, pada Jumat 27 September 2019.

Beberapa orang warga yang masih tersulut emosi terus memburu perampok, dan berusaha menghajar serta menendang. Sebelumnya, lelaki ini datang ke kantor koperasi, berpura-pura sebagai pegawai PDAM, berikut tayangannya pada Liputan6, Sabtu, 28 September 2019.

"Waktu itu langsung masuk ke kantor dan ditemui oleh salah seorang pegawainya yang perempuan, minta diantar untuk mengontrol PDAM, namun setelah di dalam, pegawai perempuan tersebut dibekap mulut dan diancam dengan celurit yang sudah direncanakan pelaku," ujar Iptu. Wilang Langsung, Kanit Reskrim Polsek Bugul Kidul.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Tergiur Harga Mahal, Sepasang Kekasih Nekat Ambil HP di Surabaya

Tergoda dengan ponsel mahal yang tertinggal milik seorang pengunjung sebuah resto, sepasang kekasih di Surabaya justru tergerak untuk mencuri. Kedua pelaku tak menyadari, jika aksinya tersebut terekam CCTV. Dari laporan korban di Polsek Wonokromo dan hasil rekam CCTV milik resto, polisi akhirnya meringkus sepasang kekasih tersebut.

Inilah detik-detik saat pasangan kekasih, DP (23), warga Mojorejo, Kota Bojonegoro, dan SA (22), warga Jalan Wonorejo Surabaya, mengambil sebuah ponsel milik pengunjung sebuah resto, yang tertinggal di kursi.

Dalam rekaman CCTV terlihat tersangka DP bukannya berupaya mengembalikan, namun pelaku justru mencari kesempatan untuk mengambilnya. Aksi jahat pelaku mengambil ponsel orang lain, malah dibantu kekasihnya tersangka SA. Usai membayar semua pesanannya, kedua tersangka dengan cepat meninggalkan resto, demikian seperti diberitakan Liputan6, Jumat, 27 September 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

Polda Jatim Bekuk 17 Pelaku Kejahatan

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

4.Polda Jatim Bekuk 17 Pelaku Kejahatan Jalanan dalam 12 Hari

Dalam Operasi Sikat Semeru 2019 yang berlangsung 16-27 September 2019, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Timur menangkap sebanyak 17 orang tersangka kasus kejahatan jalanan.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Leonard M. Sinambela mengatakan, 17 tersangka yang diringkus tersebut berasal dari sejumlah dari di Jatim dan luar provinsi.

"Tersangka berasal dari berbagai daerah, seperti Lumajang, Pasuruan, Trenggalek, Mojokerto, Jember dan Bali. Dari 17 tersangka itu, salah satunya adalah pelaku kejahatan dengan modus gendam," kata Leo, sapaannya, dilansir dari Antara, Kamis, 3 Oktober 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

5.Pria Tanpa Identitas Tewas di Tepi Jalan Raya Jombang

Warga Desa Jombatan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu siang, digegerkan dengan ditemukannya sesosok mayat pemuda tanpa identitas, yang tewas berlumuran darah di pinggir jalan.

Polisi yang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) menemukan sejumlah barang bukti, yang mengarah kuat pada kasus pembunuhan.

Sejumlah warga di sekitar Jalan Basuki Rahmat, Desa Jombatan Kelurahan Jombang, geger dan berkerumun melihat mayat seorang pemuda tanpa identitas yang diduga korban pembunuhan. Lantaran korban ditemukan dengan kondisi bersimbah darah di pinggir jalan, serta keterangan sejumlah saksi.

Berita selengkapnya baca di sini

6.Pengaruh Alkohol, Pemuda Aniaya Tetangga di Area Sawah Probolinggo

Seorang pemuda di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, diringkus polisi karena menganiaya perempuan paruh baya yang tengah mencari rumput. Penganiayaan dilakukan tersangka, karena korban menolak diajak berhubungan badan di area persawahan.

BD (35) warga Desa Pandean, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, digelandang anggota Buru Sergap Polres Probolinggo. Pemuda lajang ini, dilaporkan telah menganiaya Asiati, wanita berusia 55 tahun yang masih tetangganya sendiri.

Berita selengkapnya baca di sini

Petugas Tangkap Pengedar Sabu

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

7.Petugas Tangkap Pengedar Sabu 4 Kg Jaringan Lapas di Madiun

Dua wanita kurir sabu 4 kg, yang berasal dari China, dituntut 20 tahun penjara, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Madiun. Mendengar tuntutan itu, dua terdakwa kaget dan terus menangis.

Sementara di Surabaya, polisi kembali meringkus dua pengedar sabu, yang berasal dari jaringan narkoba di Pulau Madura. Berikut videonya pada Liputan6, Kamis, 3 Oktober 2019.

Siti Artiya Sari (38), asal Palangkaraya, dan Natasha (23), asal Surabaya, langsung shock dan menangis di ruang tahanan Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun. Mereka terus saling peluk, seakan menyesali apa yang sudah mereka perbuat.

Berita selengkapnya baca di sini

8.Pelaku Peremas Payudara di Surabaya Terancam Hukuman 9 Tahun Penjara

Seorang kuli bangunan berinisial I (20) warga Jalan Medokan, Semampir, Surabaya, meremas payudara seorang mahasiswi di kawasan Perumahan Kertajaya Indah Regency, Surabaya.

"Kejadiannya pada hari Rabu, 25 September kemarin, pada malam sampai dengan tengah malam hari, atau sekitar pukul tujuh malam," tutur Kanit PPA Satreskrim Polrestabes Surabaya AKP Ruth Yeni kepada Liputan6.com melalui pesan singkat, Jumat (4/10/2019). 

Dari pengakuan tersangka dan korban, saat itu korban hendak mencari makan. Tersangka kemudian mengikuti dari belakang. Ia mengaku hendak berkenalan dan meminta nomor telepon. Namun, karena mahasiswi itu merasa tidak kenal, ia cuek.

Berita selengkapnya baca di sini

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu Naked Bike 250Cc, Pilih Yamaha MT-25 atau Kawasaki Z250?

Posted: 04 Oct 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Indonesia memperkenalkan versi terbaru dari naked bike Yamaha MT-25. Wajahnya semakin mengintimidasi, dan fitur-fiturnya lebih menggoda dibanding generasi sebelumnya.

Tapi, apakah dia lebih baik dari petarung jalanan sekelas? Kawasaki Z250, misalnya, yang terang-terangan punya harga sama di angka Rp 53,9 juta. Mari kita tilik keunggulan masing-masing produk.

Desain

Secara tampilan, MT-25 dan Z250 sama-sama mengedepankan kesan maskulin dengan tubuh berotot. Khas ala naked sport. Hanya saja, sajian baru pada MT-25 terlihat lebih dinamis. Itu lantaran penggunaan cover tank yang berbeda dari sebelumnya. Kondom pembungkus tangki BBM itu, kini lebih besar. Dipadu shroud berpelengkap lubang angin. Semakin tegaslah karakter MT Series dari naked bike 250 cc Yamaha ini.

Begitu pula Z250. Ototnya diperkuat via terapan shroud dengan bentuk layaknya motor sport fairing. Item ini juga berfungsi mengalirkan angin untuk melepas hawa panas dari mesin. Sama halnya MT-25 dengan bentuk telanjang itu. Meski begitu, fungsi shroud pada MT-25 tetap bekerja optimal. Apalagi aliran udara, juga tersalur ke lubang yang terletak di bagian dalam cover tangki. Boleh dikatakan Yamaha cerdas menerapkan perangkat ini pada model anyarnya.

Menyoal wajah, Z250 memang sudah mengedepankan sistem penerangan dual headlamp dibungkus cover batok yang besar. Tentu masih selaras dengan terapan desain Z250 sekarang ini. Sayangnya, jenis lampu terpakai masih halogen. Sebaliknya, Yamaha MT-25 sekarang diracik lebih kekinian. Menerapkan desain paras robotik seperti MT Series lain. Penerangannya memang cuma satu, tapi sudah menggunakan tipe projector, lengkap dengan LED.

 

Fitur

Unit kontrol ABS pada Z250 memiliki dimensi 40% lebih kecil.

Sempat kami singgung soal penerangan. Yamaha MT-25 sudah menggunakan lampu jenis LED, baik di penerangan utama sampai belakang. Bahkan, ada item baru, lampu sein. Inilah pertama kali Yamaha mengaplikasinya di motor buatan mereka. Bandingkan dengan Z250 lewat penggunaan lampu model lamanya tadi.

Pembeda keduanya, terlihat jelas di panel meter. Z250 mengandalkan penampang informasi via sajian analog-digital. Sementara MT-25 lebih kekinian dengan panel meter full digital. Tampilan ini familiar lantaran sudah digunakan lebih dulu oleh MT-15, Yamaha R15 atau R25. Satu hal yang menarik, di area itu ada shift timing light. Sebuah fitur untuk memandu pengendara melakukan perpindahan gigi secara tepat. Sehingga, tenaga yang keluar lebih optimal. Sementara itu, fitur ini tak ditemui pada pesaingnya.

Hal baru juga ditemui pada diri MT-25. Ya, kini dia menggunakan suspensi depan up-side down (USD). Diameternya 37 mm, sama seperti kepunyaan Yamaha R25. Bedanya, peredam kejut itu dikelir gelap (hitam). Bagaimana dengan Ninja Z250? Lagi-lagi ia absen soal suspensi terbalik. Naked bike berlambang 'K' menawarkan shock teleskopik dengan tambahan kondom saja. Lalu pada bagian belakang, dua motor Jepang itu sama-sama pakai monoshock dengan setelan preload.

 

Dimensi

Ini bagian yang tak kalah penting diulas. Terlebih berkaitan dengan kenyamanan berkendara. Impresi awal buat MT-25 pastilah ramping dibanding Z250. Kendati MT-25 dengan dimensi 2.090 x 755 x 1.071 mm (P x L x T), jelas lebih besar dari Z250 (2.010 x 750 x 1.025 mm). Hal tadi juga memengaruhi rancang bangunnya. MT-25 memiliki ketinggian jok 780 mm dan ground clearance 160 mm. Lebih jangkung dari Z250 dengan jarak terendah ke tanah hanya 145 mm. Jelas ini turut memengaruhi pengendaliannya. Di samping Z250 punya bobot tubuh 168 kg. Sedangkan MT-25 cuma 165 kg.

 

Performa

Kedua motor layak disandingkan karena punya bekal serupa. Mereka mendapatkan pasokan mesin dua silinder injeksi berkapasitas 250 cc. Yamaha MT-25 sanggup mengail tenaga 35,5 Tk di 12.000 RPM dan torsi 23.6 Nm di 10.000 RPM. Coba intip performa Kawasaki Z250. Tenaga: 31,5 Tk di 11.000 RPM dengan torsi maksimal 21 Nm di 10.000 RPM. Di atas kertas MT-25 lebih unggul. Wajar, meski sama-sama berkonsep overbore, konstruksi silinder keduanya berbeda. MT-25 punya bore x stroke: 60 x 44,1 mm, sementara Z250: 62 x 41,2 mm.

Inilah perbandingan Yamaha MT-25 dan Kawasaki Z250 di atas kertas. Secara keseluruhan, MT-25 lebih unggul. Terlebih adanya fitur-fitur baru tadi. Menariknya, MT-25 baru dibanderol sama dengan Z250. Harganya naik hampir 5 jutaan dari model lama MT-25. Tapi banderol Rp 53,9 juta itu sudah lebih dulu dipatok Kawasaki Z250. Yang notabene belum ada ubahan terkini. Manakah yang layak dimiliki? Kami kembalikan jawabannya pada Anda. 

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Kocak Idol Korea Makan Durian, Bikin Emosi Netizen

Posted: 04 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia, durian jadi salah satu buah primadona. Buah asli Asia Tenggara ini memiliki julukan "raja dari segala buah". Durian ternyata juga tumbuh di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand dan Malaysia juga banyak ditumbuhi buah berduri ini. 

Durian memiliki ciri khas yaitu baunya yang tajam dan dagingnya yang tebal. Banyak orang luar negeri alias para wisatawan asing yang datang ke Asia Tenggara untuk mencicipi durian.

Durian memang tidak tumbuh di Korea, tak heran jika banyak para selebriti Korea yang penasaran dengan rasa buah satu ini. Idol Korea yang secara terang-terangan mengungkapkan sangat suka durian diantaranya Jackson GOT7, Irene Red Velvet, Dojoon Highlight dan Victoria Eks-f(x). 

Beberapa acara Korea bahkan sering menyuruh para bintang tamu mereka untuk mencicipi buah durian. Bagi yang belum pernah mencicipinya mungkin akan sedikit kesulitan menelan bauh ini. Beberapa cuplikan saat artis Korea mencoba membuka dan memakan durian ini justru salah. karena tak tahu, cara salah ini justru mengundang tawa netizen sekaligus emosi saat melihatnya.

Penasaran? Berikut ini 3 cara para artis Kpop saat makan durian, dengan cara unik hingga buka durian yang justru bikin emosi netizen. Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (5/10/2019). 

1. Cara buka durian yang bikin geregetan netizen

Bikin gregetan sampai emosi, cuplikan program Law of The Jungle ini memperlihatkan beberapa artis sedang menikmati durian. Terlihat Sanha ASTRO, Yuqi (G)-IDLE dan selebriti lainnya. Namun terlepas dari para pesona selebnya, cara membuka durian justru disoroti para netizen. Pasalnya mereka membuka durian dengan cara yang salah. Alhasil, para artis Korea tersebut hanya berhasil menyolek dikit demi sedikit duriannya. 

"P E N I S T A A N D U R I A N" tulis seorang netizen. 

"Sini laah aku belahin:(" timpal netizen lainnya. 

"Gregetan pengen motongin yg bener wkwk" dan masih banyak lagi. 

2. Makan kulit durian

Masih di acara yang sama, artis Kpop ini kembali makan durian. Kini bukan cara membelahnya yang salah, namun mereka justru makan kulitnya. Dalam cuplikan terlihat durian itu masih berwarna hijau. Mereka justru memakan kulit dan daging yang memang belum matang. Yuqi (G)-IDLE mengatakan kalau itu rasanya enak. 

"Perutku sakit tertawa hahahahha" komentar netizen. 

"Bukan kulit. Itu daging yang belum matang," tulis lainnya. 

3. Makan durian pakai sumpit

Cara kocak idol Korea saat cicipi durian, bikin emosi netizen. (Sumber: YouTube)

Program Journey to The West, juga pernah menampilkan para pembawa acaranya untuk mencoba makan durian. Dengan wajah yang ragu mencipipi, mereka mencoba durian dengan pakai sumpit. Ada Mino WINNER, Kyuhyhun SUPER JUNIOR hingga Ahn Jae Hyun. Aksi mereka makan durian dengan sumpit pun sukses bikin netizen geregetan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota Negara

Posted: 04 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai salah satu juri sayembara desain ibu kota negara baru. Ridwan Kamil punya kriteria tersendiri soal desain ibu kota baru nanti.

Pria yang akrab disapa Emil itu menyebutkan, untuk mendesain sebuah ibu kota baru agar menjadi yang terbaik se-dunia, maka semua konsep terbaik harus ada di dalam rancangan kota baru tersebut.

"Karena ini dibuat dari nol kan, maka misal ada konteks sejarah, kota dunia itu kota harus humanis," kata Emil, Kamis (3/10/2019).

Selain itu, dia mengatakan, pola pembangunan ibu kota negara juga mesti terukur agar kondisi perkotaan tak terlalu padat dan sesak.

"Jaraknya dekat orang jalan kaki, bisa mengurangi mobil, motor, bangunannya go green, lebih ramah lingkungan tidak seperti perkotaan sekarang," ujarnya.

"Kemudian kepadatan harus cukup. Tidak padat, bikin sesak dan tidak jauh hanya menguras transportasi," sambung Emil.

Lebih dari itu, estetika juga perlu diperhatikan. Hal ini agar menimbulkan rasa bangga.

Terkait penunjukan dirinya sebagai juri, Ridwan Kamil mengaku hal itu terjadi secara spontan. Ia mengaku ditunjuk langsung oleh Menteri Pekerja Umum Basuki Hadimuljono.

"Ditelpon saja, ditanya siap tidak untuk penugasan ini. Dari presiden melalui PUPR," katanya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larangan Ekspor Nikel Dukung Pengembangan Mobil Listrik

Posted: 04 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah memutuskan mempercepat pelarangan ekspor bijih nikel yang efektif mulai 1 Januari 2020. Pelarangan ekspor nikel yang dipercepat pemerintah dinilai merupakan momentum yang tepat karena kebutuhan pasar domestik.

Anggota DPR RI Maman Abdurrahman mengatakan percepatan pelarangan ekspor nikel tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di pasar domestik.

Pasalnya, saat ini pemerintah memang sedang menggalakkan hilirisasi industri di minerba, terutama nikel yang rencananya akan diolah menjadi bahan jadi dan bernilai tambah terutama untuk baterai lithium untuk mobil listrik.

"Saat ini sektor hilir sangat dibutuhkan, harapannya nikel mampu diolah dan didistribusi dengan nilai yang sangat tinggi. Tinggal perangkatnya sudah disiapkan atau belum," ucap dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

"Kita harus ambil momentum kebutuhan domestik yang besar, apalagi kalau nanti sudah dibangun smelter," lanjut dia.

Maman kemudian meminta kedua belah pihak, yakni pemerintah dan pengusaha nikel untuk komitmen pada asas dan aturan. Pemerintah harus memiliki kepastian hukum yang lebih jelas, sedangkan pelaku usaha harus komitmen setelah mendapatkan kuota ekspor.

"Wajar jika pelaku usaha jadi ngamuk dengan percepatan larangan ekspor ini, mereka pasti sudah punya business plan hingga 2022. Tapi saya rasa mereka bisa mengikuti asal kepastian hukumnya jelas dari pemerintah," sambungnya.

"Beberapa pelaku usaha juga masih bandel, diberikan kepercayaan kuota ekspor tapi tidak ada progress-nya. Kalau begitu terus, lebih baik disetop saja. Mari mulai sekarang kita taat asas dan taat aturan," kata dia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Produksi Baterai Lithium Ion

Mengisi baterai mobil listrik (Arief/Liputan6.com)

Indonesia memang memiliki kesempatan besar untuk mengambil momentum ini. Hal itu disampaikan Kepala Subdirektorat Pengawasan Usaha Eksplorasi Mineral, Andri Budhiman Firmanto.

Kata dia, 40 persen dari total biaya manufaktur mobil listrik berasal dari baterai dan Indonesia merupakan salah satu negara yang punya bahan baku terbaik di dunia untuk memproduksi baterai lithium ion.

"Berdasarkan kajian, 40 persen dari total biaya manufaktur mobil listrik berasal dari baterai," kata Andri.

"Percepatan aturan larangan ekspor bijih nikel kadar rendah ini dilakukan untuk mengejar momentum pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Kebijakan ini juga memperhatikan jumlah cadangan terbukti dan jaminan pasokan bijih nikel kadar rendah untuk persiapan percepatan industri mobil listrik," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahir 7 Bahasa Asing Secara Otodidak, Anggota TNI Mendadak Viral

Posted: 04 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anggota TNI berpangkat Kopral Dua-Kopda Hardius Rusman mendadak menjadi perbincangan viral karena kemampuannya yang menguasai 7 bahasa asing.

Kemampuan Anggota Kodim 0111/Bireuen ini pun membuat kagum banyak publik. Tidak disangka, Hardius hanya mempelajari 7 bahasa asing melalui media sosial, seperti Facebook, Whatsapp dan beberapa media sosial lainnya.

Ke-7 bahasa asing yang ia kuasai terdiri dari bahasa Jerman, Prancis, Portugis, Belanda, Spanyol, Inggris dan Itali.

Saat diwawancarai di salah satu acara stasiun televisi swasta, Hardius mengatakan bahwa ia sudah mempelajari bahasa asing sejak duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

 

Alasan Belajar Bahasa Asing

Ia pun mengatakan alasannya mempelajari bahasa asing agar dirinya lebih mengetahui dunia, budaya asing, serta makanan asing.

Berkat kemampuannya tersebut, ia juga sempat dipercaya sebagai pemandu untuk mendampingi istri dan keluarga atase militer dari 22 negara yang berkunjung ke Aceh pada 6 Agustus 2019.

Masih Ingin Mempelajari Satu Bahasa Lagi

Bahasa asing pertama yang ia pelajari adalah bahasa inggris. Ia mempelajari bahasa Inggris sejak SMA. itupun dipelajari secara otodidak.

Meski telah menguasai banyak bahasa, tapi ia masih ingin mempelajari satu bahasa lagi, yakni bahasa Arab.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terapi ODGJ Puskesmas Gitik Banyuwangi, Berlatih Bikin Kerajinan Tangan

Posted: 04 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Terapi bagi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Puskesmas Gitik, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur rupanya menggunakan latihan membuat kerajinan tangan. Setiap ODGJ diberikan latihan mengikuti tingkatan, dari level pemula sampai mahir.

Saat Liputan6.com memasuki ruang terapi, tampak sekitar tujuh ODGJ sedang asyik menggunting, merangkai, dan menempelkan plastik yang dibentuk menjadi bunga. Tangkai dan daun bunga pun melengkapi hasil  bunga buatan. 

"Mereka terapi di sini sambil membuat kerajinan tangan itu rutin setiap hari Selasa, minggu ketiga setiap bulannya. Kalau terapi membuat bunga ini tingkatannya pemula," terang Kepala Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Gitik, Eko Budi Cahyono saat berbincang di ruang terapi Puskesmas Gitik, ditulis Jumat (4/10/2019).

Latihan membuat bunga untuk terapi ODGJ termasuk program inovasi Teropong Jiwa (Terapi Okupasi dan Pemberdayaan Orang Dengan Gangguan Jiwa) di Puskesmas Gitik.

Program tersebut dikhususkan untuk para ODGJ mendapatkan pemulihan yang tepat. Adanya kegiatan ini juga melatih fokus ODGJ mengisi hari-hari. 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Diulang di Rumah

Melihat terapi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Puskesmas Gitik Banyuwangi pada Senin (30/9/2019) berupa latihan membuat kerajinan tangan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Meskipun pertemuan di ruang terapi hanya sebulan sekali, bukan berarti para ODGJ dilepas, tanpa dipantau. Mereka tetap berlatih membuat kerajinan tangan di rumah.

"Di pertemuan berikutnya, mereka nanti dilihat kemajuannya seberapa besar. Kerajinan tangan yang dibuat hari ini, misalnya, itu diulang lagi saat di rumah. Mereka tetap membuat kerajinan tangan," Eko menjelaskan.

Para instruktur dan kader yang memberikan pelatihan pada ODGJ juga akan bertanya, 'Bagaimana hasil karyanya?, Sudah sampai mana bikin kerajinannya?'

Adanya terapi kerajinan tangan juga mendorong para ODGJ melakukan aktivitas. Ini menghindarkan dari rasa bengong. Ketika bengong, lanjut Eko, mereka bisa saja berpikiran buruk.

Penilaian Kestabilan

Melihat terapi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Puskesmas Gitik Banyuwangi pada Senin (30/9/2019) berupa latihan membuat kerajinan tangan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Tingkatan membuat kerajinan tangan bisa dijadikan penilaian kestabilan. Apakah ODGJ ini makin lama stabil dan siap bekerja layaknya orang normal di lingkungan sosial.

"Ini kan terapinya dari yang mudah. Bikin bunga ini level pemula. Kalau sudah baik membuatnya, kerajinan tangan yang dibuat makin susah," tambah Eko.

"Sebenarnya terapi ini juga sebagai ujian. Kita bisa lihat kondisinya saat diberikan terapi seperti apa. Contohnya, ada yang pusing atau  terlihat tidak tenang ditugaskan membuat kerajinan tangan yang levelnya mudah."

Untuk level mahir, ODGJ yang bersangkutan mampu membuat kerajinan tangan berbentuk sepeda motor. Berbekal koran bekas, kerajinan sepeda motor tampak manis. Rasa kagum menguak saat melihat kerajinan tangan tersebut.

"Nah, kalau kerajinan sepeda motor ini tandanya dia sudah stabil. Bahkan sudah bisa bekerja dan siap nikah," ujar Eko sambil tersenyum.

Dijual Daring

Melihat terapi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Puskesmas Gitik Banyuwangi pada Senin (30/9/2019) berupa latihan membuat kerajinan tangan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Sampel kerajinan tangan para ODGJ tersimpan rapi di dalam lemari kaca. Anyaman berbentuk vas bunga, tas dari plastik bekas, dan gantungan kunci terlihat dari lemari kaca. 

"Hasil kerajinan tangan ODGJ itu dijual juga lho secara daring. Pendapatannya ya buat mereka juga," Eko menerangkan.

Bahan-bahan kerajinan tangan mudah diperoleh dan berasal dari bahan bekas. Baik wanita maupun pria yang ODGJ juga mendapatkan terapi membuat kerajinan tangan.

"Disesuaikan terapinya, kalau perempuan dipilih membuat bunga ya lebih manis. Kalau laki-laki biasanya buat anyaman dari bambu atau rotan," tutup Eko.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Thailand: Marquez Ungkap Kondisi Terakhir Usai Kesulitan Bernapas Selama 5 Detik

Posted: 04 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Buriram Ada insiden mengerikan yang melibatkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Jumat (4/10/2019). Marquez mengalami highside saat melakoni FP1 beberapa saat.

Marquez mengungkapkan insiden di FP1 MotoGP itu sangat mengerikan. Dia bahkan mengaku sempat tidak bisa bernapas selama lima detik.

Seperti diketahui, Marquez terlempar dari motor RC213V di MotoGP Thailand. Kondisi ini membuatnya harus mengecek kondisi ke rumah sakit.

Kecelakaan hebat di sesi FP1 MotoGP Thailand itu sudah membuat leher, punggung dan pelvis kirinya sakit. Untunglah setelah dipindai MRI, tak ada tulang yang patah di badannya.

"Hal paling penting saya tidak apa-apa, rasa sakit ada di mana-mana. Hal paling mengerikan setelah crash saya tak bisa napas, itu masalah utama," katanya seperti dikutip crash.

"Sekarang, rasa paling sakit ada di punggung. Di punggung saat bernapas, saya merasa sakit di sana. Di FP2 saya merasakan sesuatu, tapi kalau konsentrasi dan lupakan itu, semuanya jadi oke," ucapnya menambahkan, sembari mengingat kapan terakhir highside di MotoGP.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Penyebab Kecelakaan

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez  (AP Photo/Jens Meyer)

Marquez mengatakan langsung mengecek lokasi terjatuh karena ingin tahu apa penyebabnya. Ini bisa karena ban baru atau trek belum bersih.

"Saya pakai ban baru, tentu mungkin treknya belum bersih betul, itu normal. Perbedaannya, saya tak pernah menutup gas di tikungan itu, sekarang saya tutup gas," katanya.

Dia mengatakan semua ini bukan karena kesalahan motor. Ini lebih disebabkan oleh gaya membalapnya.

"Saat itu saya menutup gas sepenuhnya, karena saya baru keluar cockpit dan saya tak gaspol. Dan saat tutup gas, setelan mesin tidak bagus dan mesin mengerem sehingga menyebabkan highside," ujarnya, menganalisa.

 

Ubah Gaya Balap

Marquez akui akan mengubah gaya balapnya setelah insiden di FP1. Meski dia tetap menggunakan strategi seperti di MotoGP Aragon lalu.

"Tentu saja ini mengubah sesuatu. Lagipula saya tak akan mungkin gaspol gila-gilaan karena ini awal lap," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bocoran Spesifikasi Pixel 4

Posted: 04 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google akan mengumumkan seri Pixel 4 pada 15 Oktober 2019. Menjelang hari pengumumannya, bocoran tentang smartphone tersebut semakin banyak beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (5/10/2019), 9to5Google dilaporkan memiliki informasi mengenai rincian spesifikasi Pixel 4 dan 4 XL. Kedua smartphone memiliki dua perbedaan spesifikasi cukup mencolok, yakni ukuran layar dan kapasitas baterai.

Pixel 4 memiliki layar Full HD+ berukuran 5,7 inci dan baterai 2.800 mAh. Sementara Pixel 4 XL dilengkapi layar Quad HD+ dengan baterai 3.700 mAh.

Keduanya akan melenggang dengan prosesor Snapdragon 855, serta memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi dua lensa kamera utama 12MP dan satu lensa telefoto 16MP.

Fitur-fitur lainnya termasuk stereo speaker, USB Type-C, Face Unlock, dan Motion Sense. Pixel 4 dan 4 XL akan meluncur dengan OS Android terbaru, serta akan mendapatkan tiga tahun pembaruan OS dan keamanan.

Google Pixel 4 Tak Akan Meluncur Sebelum 18 Oktober?

Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Google akan mengumumkan seri Pixel 4 pada 15 Oktober 2019. Namun peluncurannya di pasar diprediksi tidak akan digelar sebelum 18 Oktober 2019.

Dilansir dari Phone Arena, Google dilaporkan secara tidak langsung mengonfirmasikan tanggal peluncuran seri Pixel 4. Akun resmi Android di Twitter, mengungkapkan perangkat pertama yang akan dikapalkan dengan OS Android 10 adalah OnePlus 7T.

Smartphone baru OnePlus tersebut akan dirilis pada 18 Oktober. Jika merujuk pada waktu peluncuran OnePlus 7T, maka Pixel 4 tak akan lebih dahulu meluncur daripada smartphone tersebut. Sama seperti OnePlus 7T, seri Pixel 4 akan meluncur dengan Android 10.

Kendati demikian, Google dilaporkan akan tetap menggelar pre-order Pixel 4 dan 4 XL pada 15 Oktober. Namun peluncuran perdananya di pasar diperkirakan digelar setelah 18 Oktober 2019.

Google pada tahun-tahun sebelumnya memang tidak menggelar acara pengumuman dan peluncuran perdana di hari yang sama. Smartphone Pixel pertama, misalnya, diumumkan pada 4 Oktober 2016 dan dirilis pada 20 Oktober. Pixel 3 dan 3 XL pada tahun lalu diumumkan pada 9 Oktober, dan dirilis pada 18 Oktober.

Pixel 4 dan 4 XL juga dilaporkan akan meluncur di pasar dengan varian warna Just Black, Clearly White, dan Oh So Orange.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BCL Bersaing dengan Raisa di Batik Music Festival 2019?

Posted: 04 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Kiprah bermusik Bunga Citra Lestari yang juga dikenal sebagai BCL, masih selaras dengan kariernya di dunia akting. Bahkan dalam waktu dekat, ia akan sepanggung dengan Yovie Widianto, Raisa, dan beberapa penyanyi lain dalam gelaran Batik Music Festival 2019 yang digelar Sabtu (5/10/2019) malam di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta.

Siap tampil di Batik Music Festival 2019, ada beberapa pihak yang menduga Bunga Citra Lestari dan Raisa akan bersaing di atas panggung. Namun BCL dengan tegas membantahnya, malah ia mengaku selama ini adalah penggemar Raisa.

"Aku enggak saingan sama Raisa. Sebenarnya, aku sudah lama ya dulu sempat berkolaborasi, satu panggung dengan Raisa. Buat aku ini excited banget, karena pilihan lagunya menarik untuk dinyanyikan bersama Raisa," ujar Bunga Citra Lestari dalam jumpa pers Batik Music Festival di Restoran D'Monaco, Sleman, Yogyakarta, Jumat (5/10/2019) malam.

"Dan aku juga adalah salah satu orang yang merupakan penggemar Raisa. Jadi untuk bisa di panggung, berkolaborasi dengan Raisa dan mas Yovie (Widianto) juga, itu merupakan sebuah kebanggaan, dan ini akan menjadi sesuatu yang amat menarik nantinya di festival ini," lanjut BCL.

Dress berwarna merah dengan rambut yang dikuncir satu juga dipilih Raisa untuk penampilannya di salah satu acara. (Liputan6.com/IG/@raisa6690)

Memperingati Hari Batik Nasional

Batik Music Festival 2019 bersama Hitman David Foster and His Friends dan Yovie Widianto and His Friends di Candi Prambanan, Sabtu 5 Oktober 2019

Batik Music Festival 2019 digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Rajawali Indonesia bersama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, menggelar konser ini dengan taraf internasional.

CEO Rajawali Indonesia sekaligus founder Batik Music Festival, Anas Syahrul Alimi, mengungkapkan kegembiraanya bisa menyuguhkan Batik Music Festival 2019 kepada masyarakat setelah menyiapkannya jauh-jauh hari.

"Festival ini merupakan sebuah bentuk apresiasi nyata akan warisan nenek moyang masih terjaga sampai sekarang, yaitu batik," ungkap Anas dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (4/10/2019).

 

Deretan Artis Pengisi

Para pengisi acara Batik Music Festival 2019 dan CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi dalam jumpa pers di Restoran D'Monaco, Jumat (5/10/2019) malam. (Foto: Bambang E Ros)

Artis dunia yang siap tampil adalah David Foster, Kenny "Babyface" Edmonds, Katharine McPhee, Pia Toscano, Yuna dan Nick Zavior. Nantinya, mereka akan berkolaborasi bersama dalam satu panggung.

Tentunya, musisi Indonesia sudah ada dalam daftar penampil Batik Music Festival 2019. Mereka adalah Yovie Widianto, Kahitna, BCL, Raisa, Marcell, Rio Febrian, 5 Romeo dan Arsy Widianto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Ini Manfaatkan Limbah Sampah Jadi Karya Seni

Posted: 04 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harry Eko Rifanto, warga Pontianak, Kalimantan Barat menciptakan berbagai karya seni dari limbah dan sampah organik.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT ke-74 TNI, Tiga prajurit Dianugerahi Tanda Kehormatan oleh Jokowi

Posted: 04 Oct 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tiga Prajurit TNI memperoleh penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan diberikan pada saat peringatan HUT ke-74 TNI yang digelar di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Penghargaan tersebut merupakan lencana penghargaan tertinggi dari tiga matra di TNI.

Sekretaris Militer Presiden, Marsekal Muda Trisno Hendradi membacakan surat keputusan Presiden. Dia menjelaskan, penghargaan diberi atas dasar tugas yang luar biasa dari para personel.

"Sebagai penghargaan kepada anggota TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Yang dibidang tugas menunjukkan kemampuan kebijaksanaan dan jasa luar biasa melebihi panggilan tugas untuk kemajuan AD AL AU tanpa merugikan tugas pokoknya," ucap dia.

Keputusan tersebut ditetapkan pada 22 Maret 2019, atas nama Presiden Joko Widodo.

 

Tiga Prajurit Dapat Tanda Kehormatan

Personel TNI mengikuti upacara saat gladi bersih HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sejumlah alutsista dikerahkan untuk memeriahkan parade HUT ke-74 TNI. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mereka yang mendapatkan tanda kehormatan dari Presiden Jokowi adalah:

1. Sudaryanto SE, Kolonel Inf NRP 11930079920271 Komandan Korem 084 baskara jaya kodam 5 brawijaya dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.

2. Sakti, Kapten Marinir NRP 19846P Wadantimbang Detrasemen Jalamengkara Korps Marinir, dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya.

3. Budiman Wibisono, Pembantu Letnan 1, NRP 517280, Bintara Lalu Lintas Udara Dinas Operasi Lanud Halim Pedanakusuma, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perayaan Halloween, dari Kostum Zombie hingga Batu Nisan di Safari Malam

Posted: 04 Oct 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Perayaan Halloween selalu dihiasi ragam acara yang kian menambah keseruan malam yang panjang. Pesta digelar dengan menggunakan kostum seram, wajah menakutkan, hingga interior yang dibuat merinding.

Dari mulai arwah, penyihir, zombie, dracula bahkan roh-roh jahat, mendengarnya saja sudah membuat jantung berdetak lebih cepat. Perayaan pesta Halloween di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor pun tak kalah menakutkan.

Pertunjukan langsung dari hantu dan monster berkeliaran siap menambah keseruan. Saat masuk ke dalam area kebun binatang, terlihat berbagai macam pernak-pernik menyeramkan bernuansa batu nisan dan labu khas Halloween.

Para pengunjung akan dibikin ketakutan dan berkeringat karena suasana dibuat gelap gulita sambil dikejar-kejar oleh karakter-karakter film horor.

Pengunjung juga akan dibawa berkeliling menggunakan kereta wisata ke area satwa buas selama 45 menit. Di sela-sela area safari journey, akan muncul sosok yang menyeramkan sebagai rangkaian dari program halloween di Safari Malam.

Selain itu, kereta wisata ini juga akan membawa pengunjung ke area perkampungan India, perkampungan Afrika dan beberapa obyek menarik lainnya.

"Pada pengunjung pun akan mendapatkan topeng dan permen bertemakan Halloween," kata Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang, Jumat (5/10/2019).

 

Tarian Flashmob

Pengunjung dapat melihat satwa dari dekat dengan suasana berbeda karena naik kereta wisata yang terbuka. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sebelum mengikuti program safari journey, pengunjung akan disuguhi dengan opening tarian flashmob bertemakan Halloween dibarengi iring-iringan berbagai jenis satwa, koleksi taman safari.

Menurut Jansen, even dengan tema Halloween ini dibuat sebagai daya tarik dan untuk menghibur para pengunjung yang mengikuti Safari Malan setiap akhir pekan di bulan Oktober.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Real Madrid Vs Granada: Pertahankan Puncak Klasemen

Posted: 04 Oct 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Duel sengit bakal tersaji di Santiago Bernabeu dalam lanjutan La Liga saat Real Madrid menjamu Granada. Pasalnya kedua tim kini berada di puncak klasemen sementara.

Real Madrid baru saja meraih hasil mengecewakan di Eropa. Los Blancos harus segera melupakannya, dan fokus pada laga berikutnya di La Liga. Lawan mereka selanjutnya memang 'cuma' tim promosi Granada. Namun, El Grana saat ini sama sekali tidak bisa diremehkan.

Granada musim ini tampil impresif. Anak-anak asuh Diego Martinez sempat melalui dua laga pertamanya tanpa kemenangan, tapi sejak itu mereka menunjukkan peningkatan performa yang signifikan.

Empat kemenangan dan sekali imbang dalam lima pertandingan membawa Granada ke posisi dua klasemen sementara, hanya terpaut satu poin dari Madrid di puncak.

Dari empat kemenangan itu, salah satunya bahkan didapatkan Granada kala menjamu sang juara bertahan Barcelona. Gol Ramon Azeez dan penalti Alvaro Vadillo membawa Granada mengalahkan Barcelona 2-0 di pekan ke-5.

Sementara itu, Madrid tanpa kemenangan dalam dua laga terakhirnya di semua ajang. Setelah imbang 0-0 dalam derby melawan Atletico Madrid, pasukan Zinedine Zidane ditahan 2-2 oleh Club Brugge di Liga Champions tengah pekan.

Melawan Atletico, Real Madrid bermain bagus, tapi tak mampu memaksimalkan peluang-peluang yang mereka dapatkan. Melawan Club Brugge, di Bernabeu, Madrid malah nyaris kalah.

Madrid kebobolan dua gol di babak pertama, dan salah satunya berawal dari blunder Luka Modric sebelum akhir babak pertama. Zidane bahkan sampai mengganti kiper Thibaut Courtois dengan Alphonse Areola saat jeda. Menurut Zidane, Courtois waktu itu sedang tidak fit dan tak mampu melanjutkan pertandingan.

Lini serang Madrid yang dihuni bintang-bintang seperti Eden Hazard dan Karim Benzema tak mampu berbuat banyak. Gol-gol balasan Madrid dicetak Sergio Ramos di Casemiro di babak kedua.

Real Madrid tentu ingin segera kembali ke trek kemenangan. Tambahan tiga poin akan mengukuhkan posisi Madrid di puncak klasemen sebelum masuk jeda internasional. Untuk itu, mereka perlu mengatasi perlawanan sengit Granada.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Fakta Menarik

Gelandang Real Madrid Casemiro merayakan golnya ke gawang Club Brugge pada matchday kedua Grup A Liga Champions di Santiago Bernabeu, Selasa (1/10/2019). Real Madrid ditahan imbang 2-2. (AP Photo/Bernat Armangue)
  • Madrid selalu menang dalam 8 laga terakhirnya melawan Granada di La Liga.
  • Madrid mencatatkan 6 clean sheet dalam 8 laga terakhirnya melawan Granada di La Liga.
  • Madrid belum terkalahkan di La Liga musim ini (M4 S3 K0).
  • Granada tak terkalahkan dalam 5 laga terakhirnya di La Liga (M4 S1 K0).
  • Selalu tercipta maksimal 2 gol dalam 4 laga terakhir Granada di La Liga.

Komposisi Pemain dan Statistik

Gelandang Real Madrid, Eden Hazard menggiring bola dari kejaran pemain Sevilla, Daniel Carrico pada pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Seville (22/9/2019). Real Madrid menang tipis atas Sevilla 1-0. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Prakiraan Susunan Pemain 

  • Real Madrid (4-3-3): Courtois; Marcelo, Ramos, Varane, Carvajal; Kroos, Casemiro, Modric; Hazard, Benzema, Bale
  • Pelatih: Zinedine Zidane.
  • Granada (4-3-3): Silva; Neva, Sanchez, Duarte, Diaz; Azeez, Montoro, Herrera; Machis, Soldado, Puertas
  • Pelatih: Diego Martinez

Head to Head

  • Pertemuan: 46
  • Madrid menang: 32
  • Gol Madrid: 116
  • Imbang: 8
  • Granada menang: 6
  • Gol Granada: 43

Rekor 5 Pertemuan Terakhir

  • 07-05-2017 Granada 0-4 Madrid (La Liga)
  • 07-01-2017 Madrid 5-0 Granada (La Liga)
  • 08-02-2016 Granada 1-2 Madrid (La Liga)
  • 19-09-2015 Madrid 1-0 Granada (La Liga)
  • 05-04-2015 Madrid 9-1 Granada (La Liga)

 

Sumber asli: La Liga

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 04/10/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye Hemat Plastik hingga Asap Karhutla Bergaung di Brightspot Market 2019

Posted: 04 Oct 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Brightspot Market 2019 telah berlangsung sejak 3 Oktober 2019 hingga 6 Oktober 2019. Di tahun ke-10 ini, mereka menghadirkan lebih dari 200 vendor pebisnis online dan lokal mulai dari pakaian, kecantikan dan makanan.

Dilaksanakan di District 8 SCBD, Jakarta Selatan, festival ini ditempatkan di tiga lantai. Lantai dasar berisi tenant-tenant pakaian dan kecantikan, sedangkan lantai kedua lebih difokuskan untuk talkshow, tapi tetap ada tenant pakaian dan aksesoris seperti anting-anting.

Sementara, lantai ketiga bak surga makanan karena terdapat berbagai jenis makanan, camilan, es krim hingga sayur organik. Anda juga bisa duduk bersantai dengan teman-teman karena terdapat banyak kursi dan bean bag. 

Bagi Anda yang senang berbelanja, Brightspot Market ini seolah menjadi tempat yang tepat. Tapi, ada hal unik lainnya yang bisa Anda temukan di Brightspot Market ke-10 ini, yakni mulai intensifnya kampanye tentang hemat penggunaan plastik.

Pada lantai ketiga, Anda bisa menemukan dua bulk store atau toko yang tidak menyediakan pembungkus plastik untuk membeli sembakonya seperti keripik tempe, pasta, crackers, dan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa membawa wadah sendiri, atau mereka akan membungkus dengan pembungkus kertas.

Selain itu, Anda bisa menemukan tenant yang memamerkan kantong yang dibuat dari singkong. Mereka mengumpulkan kantong plastik hasil penukaran dengan para pengunjung dan kemudian dipamerkan di sebuah instalasi.

Tak hanya dari tenant barang, tenant makanan juga mulai menerapkan penggunaan wadah yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah brand Honey Lane yang menggunakan gelas kertas serta sendok bambu untuk menyajikan es krim jualannya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Isu Karhutla

Mural karya Marishka Soekarna tentang isu karhutla yang dipamerkan di Brightspot Market 2019. (dok. Liputan6.com/Novi Thedora)

Selain menyadarkan masyarakat dari penjualan para tenant, Brightspot Market yang bekerja sama dengan salah satu produk air mineral, Aqua membuat beberapa instalasi di tiga lantai. Ketiga instalasi tersebut berisikan kampanye berupa tulisan #BijakBerplastik serta barang-barang hasil daur ulang plastik.

Beberapa barang yang dipamerkan adalah kaus, jam dan tas yang terbuat dari plastik daur ulang. Mereka juga menyediakan booth yang memberikan air isi ulang jika Anda membawa botol minum sendiri.

Hal ini sejalan dengan komitmen mereka untuk selalu mendaur ulang plastik yang mereka produksi. Tempat sampah khusus juga disediakan oleh pihak Aqua. Dikatakan, botol plastik yang dibuang ke dalam tempat sampah tersebut akan didaur ulang, kemudian nantinya akan diolah menjadi botol baru.

Tak hanya isu plastik yang dikampanyekan, ada satu lagi masalah lingkungan yang tersirat dalam mural yang dibuat beberapa seniman di lantai tiga. Tepat di seberang tenant-tenant makanan, ada dinding yang tergambar delapan jenis mural oleh seniman yang berbeda-beda. Makna dari tiap mural juga berbeda-beda, namun semuanya mengenai isu sosial.

Dari sekian mural yang ada, gambar karya Marishka Soekarna menceritakan tentang isu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sedang dialami Indonesia. Pada gambar tersebut, tergambar seorang wanita yang sedang duduk bersimpuh di rerumputan dan dikelilingi pohon.

Wanita tersebut terlihat menggunakan masker di wajahnya dan bagian paru-parunya digantikan dengan daun yang disimbolkan sebagai sumber oksigen. Nilai yang bisa didapatkan dari mural tersebut adalah masyarakat harus mulai menjaga lingkungan agar tidak hidup dalam sesak asap. (Novi Thedora)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Vidio Exclusive: Madura United Vs Persib di Indosiar

Posted: 04 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indosiar bakal menyiarkan duel Madura United Vs Persib di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (5/10/2019) dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019.

Saat ini Madura United berada di posisi ketiga klasemen Shopee Liga 1 2019. Mereka mengoleksi 35 poin dari 21 laga.

Sementara Persib masih tertahan di posisi ke-11 klasemen. Tim Maung Bandung baru mengoleksi 24 poin dari 20 laga.

Kemenangan sangat dibutuhkan kedua tim untuk memperbaiki posisi di klasemen. Terutama bagi Persib yang menargetkan finis di papan atas musim ini.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan Madura United vs Persib exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Prediksi Susunan Pemain

Prakiraan susunan pemain

Madura United (4-3-3): M. Ridwan (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Kadek Raditya, Alfath Faathier (belakang); Guntur Ariyadi, Slamet Nurcahyo, Diego Assis (tengah); David Laly, Aleksandar Rakic, Beto Goncalves (depan)

Pelatih: Rasiman

Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Nick Kuipers, Henhen Herdiana, Ardi Idrus (belakang); Dedi Kusnandar, Hariono, Omid Nazari (tengah); Febry Hariyadi, Ezechiel N'Douassel, Kevin van Kippersluis (depan)

Pelatih: Robert Alberts

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Finalis Putri Indonesia 2015 Olvah Alhamid Melenggang ke New York Fashion Week

Posted: 04 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prestasi kembali diukir salah satu anak bangsa dalam kancah Internasional. Finalis Puteri Indonesia 2015 asal Fakfak, Papua Barat bernama Olvah Alhamid, terpilih menjadi salah satu model di New York Fashion Week (NYFW) Runaway yang berlangsung September lalu.

Perjuangan Olvah Alhamid untuk melenggang di acara tersebut tidaklah mudah. Terlebih Olvah Alhamid harus rela mengorbankan semua kesibukannya di Indonesia demi mengikuti proses audisi.

"Dulu saya hanya bisa bermimpi berangan-angan bisa menjadi model di sebuah pagelaran busana terbesar di dunia. Bermodal kepercayaan diri, saya berangkat dengan restu orangtua, terutama mama," kata Olvah Alhamid baru-baru ini. 

Bersaing dengan Ribuan Orang

foto

Ada ribuan orang yang mendaftar untuk bisa tampil di ajang fashion bertaraf Internasional itu. Olvah Alhamid beruntung menjadi salah satu wanita Indonesia yang terpilih menjadi model dalam ajang tersebut.

"Casting dan audisi terus saya ikuti sejak Juni di New York City Amerika Serikat. Saya percaya jika Tuhan mengizinkan pasti ada tempat untuk saya bisa berjalan di runway yang diimpikan model dunia. Alhamdulillah saya lolos tiap tahapan dari hingga terpilih menjadi salah satu model di NYFW runway membawakan busana dari designer dunia," tuturnya.

Mimpi Jadi Nyata

foto

Buat Olvah Alhamid, sudah sejak lama ia menginginkan untuk bisa tampil di New York Fashion Week (NYFW). Sampai akhirnya mimpi itu pun menjadi nyata lewat kerja kerasnya.

"Saya percaya mimpi itu harus dikejar. Doa dan usaha tentu akan membuahkan hasil," lanjut Olvah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larangan Masker Sah Picu Amarah Pendemo, Layanan Kereta Hong Kong Ditangguhkan

Posted: 04 Oct 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Semua layanan kereta di Hong Kong termasuk jalur ke bandara ditangguhkan pada Sabtu 5 Oktober 2019. Langkah itu diterapkan setelah bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa mengakibatkan stasiun kereta bawah tanah dirusak.

"Semua layanan MTR (Mass Transit Railway atau layanan kereta Hong Kong) yang mencakup Heavy Rail termasuk Airport Express, Light Rail, dan bus MTR tidak dapat dilanjutkan lagi pagi ini," kata MTR Corporation dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (5/10/2019).

"Setelah pecahnya kekerasan di beberapa distrik, staf pemeliharaan harus memastikan keselamatan mereka sendiri sebelum mereka dapat melakukan perjalanan ke stasiun yang rusak untuk memeriksa dan menilai tingkat kerusakan di stasiun kami, dan untuk melakukan pekerjaan perbaikan," ungkap operator kereta api kota  mengatakan, menambahkan bahwa penutupan akan ditinjau hari Sabtu nanti.

Semua layanan kereta api Hong Kong ditangguhkan pada hari Jumat di tengah protes kekerasan yang dipicu oleh larangan pengunjuk rasa mengenakan masker wajah, karena pemerintah memberlakukan kekuatan darurat yang tidak digunakan dalam lebih dari setengah abad.

Larangan itu bertujuan untuk memadamkan hampir empat bulan kerusuhan tetapi malah memicu bentrokan dan sumpah penentangan yang meluas, dengan seorang bocah lelaki berusia 14 tahun dilaporkan ditembak dan terluka.

Kepala Eksekutif Carrie Lam mengatakan dia membuat perintah berdasarkan Emergency Regulations Ordinances  - ketentuan era kolonial yang memungkinkan dia untuk melewati legislatif dan membuat undang-undang apa pun selama masa darurat atau bahaya publik.

"Kami percaya bahwa undang-undang yang baru akan menciptakan efek jera terhadap para demonstran dan perusuh yang memiliki kekerasan, dan akan membantu polisi dalam penegakan hukum, kata Lam, Jumat.

Emergency Regulations Ordinance era kolonial diperkenalkan pada 1922, memberikan wewenang kepada pemimpin kota untuk membuat peraturan apa pun yang menurutnya berguna untuk kepentingan khalayak, jika sifatnya darurat atau membahayakan publik.

Demonstran anti-pemerintah yang bertopeng disebut menodai perayaan Hari Nasional China pada Selasa kemarin, dengan merusak fasilitas umum di seluruh Hong Kong.

Keributan itu mendorong polisi menembakkan peluru tajam ke arah massa, bahkan ada seorang siswa yang terkena di dadanya. 269 orang diringkus karena diklaim memiliki banyak pelanggaran, termasuk kerusuhan.

Sumber itu mengatakan, kekerasan pada 1 Oktober membuat undang-undang anti-topeng menjadi masalah mendesak. "Kami tidak bisa menunggu Dewan Legislatif, yang akan bertemu paling awal pada 16 Oktober," katanya.

Mengutip SCMP, Lam juga disebutkan mengatakan dia tidak meminta persetujuan dari Beijing untuk menerapkan undang-undang itu dalam perjalanannya baru-baru ini untuk perayaan Hari Nasional, dan mengatakan undang-undang adalah langkah menuju penyelesaian situasi dan memulihkan stabilitas Hong Kong. Sejak pengumuman itu, orang-orang turun ke jalan dan menghalangi jalanan di Central dan Kowloon Tong.

Protes Hong Kong tersulut oleh rencana yang sekarang sudah dihilangkan untuk memungkinkan ekstradisi ke daratan, yang memicu kekhawatiran erosi kebebasan yang dijanjikan di bawah sistem "satu negara, dua sistem".

Asal Usul Pemicu Larangan Masker untuk Pendemo

Demo pro-demokrasi Hong Kong dimulai daat perayaan HUT ke-70 RRC (Vincent Thien / AP PHOTO)

Setelah Beijing dan para pemimpin lokal mengambil tindakan keras, demonstrasi berubah menjadi gerakan yang lebih luas yang menyerukan kebebasan yang lebih demokratis dan akuntabilitas polisi.

Para pengunjuk rasa kemudian menggunakan masker wajah untuk menghindari identifikasi dan respirator untuk melindungi diri dari gas air mata.

Larangan itu muncul setelah aksi kekerasan terburuk tahun ini, ketika China merayakan 70 tahun kekuasaan Partai Komunis pada Selasa 2 Oktober. Selama bentrokan itu, seorang petugas menembak dan melukai seorang remaja - penembakan pertama sejak demonstrasi dimulai.

Undang-undang baru itu mengancam siapa pun yang mengenakan topeng saat protes hingga satu tahun penjara.

Larangan itu tak berpengaruh pada aksi Jumat 4 Oktober, dan dinilai tidak akan menyelesaikan kekacauan dikota.

"Anak-anak muda mempertaruhkan nyawa mereka," kata seorang pekerja kantor berusia 34 tahun yang mengenakan masker bedah, yang memberikan nama depannya sebagai Mary, kepada AFP.

"Mereka tidak keberatan dipenjara selama 10 tahun, jadi memakai topeng bukanlah masalah."

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Madura United Vs Persib: Tuan Rumah Hadapi Masalah Pelik

Posted: 04 Oct 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - Madura United akan menghadapi laga berat dalam pekan ke-22 Shopee Liga 1 2019. Pasalnya mereka akan menantang Persib Bandung tanpa kekuatan penuh sore nanti.

Tujuh pemain andalan absen dengan berbagai alasan yang berbeda, membuat Madura United dalam kondisi tidak sempurna.

Tiga pemain di antaranya, Andik Vermansah, Zulfiandi, dan Ridho Djazulie gabung Timnas Indonesia. Satria Tama dan Syahrian Abimanyu membela Timnas Indonesia U-22. Dua pemain lagi, yaitu Ante Bakmaz dan Andik Rendika, terkena hukuman akumulasi kartu.

Secara khusus, absennya Zulfiandi menjadi kerugian. Sebab, dia selama ini menjadi gelandang andalan di lini tengah Madura United. Belum lagi, gelandang Asep Berlian yang selama ini menjadi tandem Zulfiandi, juga diragukan kehadirannya saat pertandingan.

Situasi ini memang tidak mudah buat Madura United yang ingin menjaga persaingan di papan atas. Tetapi, pelatih Madura United, Rasiman, tetap tenang dan menyiapkan banyak opsi agar kekuatan timnya tidak terlalu tereduksi.

"Saat Zulfiandi absen, kami masih punya Guntur Ariyadi. Dia juga punya kemampuan yang sangat baik. Kami memiliki banyak pemain pengganti. Mudah-mudahan, semua pemain kami disiplin. Pertandingan ini soal menghindari kesalahan untuk menang," kata Rasiman.

Tim tuan rumah saat ini masih berstatus sebagai peringkat ketiga di klasemen sementara sejak pekan ketujuh. Kini Madura United mengoleksi 35 poin dari 21 pertandingan. Kemenangan alias tambahan tiga poin bakal membuat mereka naik ke peringkat kedua.

Sebab, Tira Persikabo yang berada di posisi runner-up mengoleksi 36 poin dari 22 pertandingan atau memainkan laga lebih banyak. Ini kesempatan buat Madura United mendekati Bali United, yang di puncak klasemen (48 poin).

Madura United bisa dibilang merupakan tim yang superior saat berhadapan dengan Persib. Madura United menjadi satu-satunya tim yang belum pernah takluk dari Persib sejak bertemu pada 2016.

Dalam tujuh kali perjumpaan, Madura United tak pernah kalah kontra Persib. Perinciannya, empat menang dan tiga seri. Terakhir bertemu, Madura United mampu mencuri satu poin dengan laga berakhir 1-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung (23/6/2019).

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Situasi Persib

Kevin van Kippersluis saat latihan perdana bersama Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Rabu (21/8/2019). (Bola.com/Erwin Snaz)

Di sisi lain, Persib juga dalam ambisi mengakhiri catatan negatif saat berjumpa Madura United. Beruntung, Maung Bandung bisa menurunkan kekuatan penuh. Tak ada pemain yang cedera, akumulasi kartu, atau dipanggil gabung ke Timnas Indonesia.

Kondisi kebugaran pemain Persib juga bisa dibilang lebih baik. Supardi Nasir dkk. terakhir kali bertanding saat berjumpa Persipura Jayapura (23/92019). Sedangkan Madura United terakhir bertanding saat melawan kontra PSS Sleman pada 29 September 2019. Hal itu berarti Persib punya recovery enam hari lebih banyak.

"Setelah pertandingan melawan Persipura, kami melakukan persiapan dengan baik. Semua pemain bisa diturunkan. Kami punya persaingan yang baik di tim ini dan kami dalam situasi bagus. Kami harus mendapat tiga poin," ucap Robert Alberts, pelatih Persib.

Kapten Persib, Supardi Nasir, sadar pertandingan ini sangat berarti buat timnya. Selain untuk mengakhiri catatan buruk atas lawan, dia juga bertekad mengerek posisi Persib di klasemen sementara yang saat ini masih di peringkat ke-12 dengan 24 poin.

"Sampai saat ini, kami sudah maksimal. Kami berharap pemain bisa memberikan energi positif. Tentunya, bagi kami, setiap pertandingan penting guna mendongkrak posisi kami. Saya harap semua pemain bisa menjalankan perintah yang diterapkan pelatih," ucap Supardi.

Prakiraan Susunan Pemain

Madura United selebrasi saat menjamu Persela di Stadion Gelora Bangkalan (24/9/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Madura United (4-3-3): M. Ridwan (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Kadek Raditya, Alfath Faathier (belakang); Guntur Ariyadi, Slamet Nurcahyo, Diego Assis (tengah); David Laly, Aleksandar Rakic, Beto Goncalves (depan)

Pelatih: Rasiman

Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Nick Kuipers, Henhen Herdiana, Ardi Idrus (belakang); Dedi Kusnandar, Hariono, Omid Nazari (tengah); Febry Hariyadi, Ezechiel N'Douassel, Kevin van Kippersluis (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Disadur dari Bola.com (penulis Aditya Wani, editor: Aning Jati published 5/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kontribusi TNI Sungguh Berarti di Negeri Ini

Posted: 04 Oct 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi para pejabat dan perwira tinggi utama TNI yang telah membantu periode kepemimpinan presiden tahun 2014-2019. Hal ini disampaikannya pada saat Peringatan HUT TNI Ke-74 di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (5/10/2019).

Menurutnya, apresiasi ini ditujukan terutama kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Purnawirawan TNI.

"Terima kasih kepada Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla, kepada Menkopolhukam Bapak Tedjo Edhy Purdijatno, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, dan Bapak Wiranto, kepada Menteri Pertahanan Bapak Ryamizard Ryacudu, kepada Panglima TNI Bapak Moeldoko, Bapak Gatot Nurmantyo, dan Bapak Hadi Tjahjanto," kata Jokowi saat menjadi inspektur upacara di lokasi.

"Kepada KSAD Bapak Mulyono dan Bapak Andika Perkasa, kepada KSAL Bapak Ade Supandi dan Bapak Siwi Sukma Aji, serta kepada KSAU Bapak Ida Bagus Putu Dunia, Bapak Agus Supriatna, dan Bapak Yuyu Sutisna," imbuhnya.

Dalam sambutannya, Jokowi juga menyampaikan beragam prestasi yang telah ditorehkan TNI. Di antaranya yakni menjadi juara pada lomba menembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-28 tahun 2018 di Malaysia, serta kesuksesan pada lomba menembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM).

Saat itu, TNI menang lomba menggunakan senjata buatan PT Pindad, yang juga telah berhasil menjadi juara 12 kali berturut-turut.

"Atas nama bangsa Indonesia, izinkan saya untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada institusi TNI dan seluruh prajurit serta purnawirawan TNI," ungkap Jokowi.

 

TNI Selalu Siap Membantu Rakyat

Tak lupa, Jokowi turut menyampaikan apresiasi kepada TNI yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah yang terdampak bencana. Termasuk kebakaran hutan.

Dia mengatakan, TNI juga selalu aktif menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu serentak tahun 2019. TNI juga selalu membanggakan dalam setiap penugasan PBB di berbagai penjuru dunia.

Jokowi menegaskan, TNI selalu memastikan negara hadir di daerah terpencil, di daerah perbatasan, dan di pulau-pulau terdepan Indonesia, selalu manunggal atau menyatu dengan rakyat.

"Kontribusi bapak-bapak beserta semua jajaran prajurit TNI, sungguh sangat berarti bagi perjalanan negeri ini. Telah menjadi bhayangkari bangsa dan negara dalam menegakkan NKRI serta mengawal kemajuan Indonesia tercinta," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Joget Bersama TNI-Polri Ciamis di HUT ke-74 TNI

Posted: 04 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jajaran TNI dan Polri di Ciamis merayakan HUT ke-74 TNI. Selain meniup lilin, perayaan diisi dengan joget bersama anggota. Hal ini dilakukan demi menjaga soliditas TNI-Polri di Ciamis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hiit Kardio, Bakar Kalori Hingga 24 Jam Pasca Olahraga

Posted: 04 Oct 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Olahraga HIIT atau High Intensity Interval Training. Jenis olahraga tersebut saat ini sedang ngetren untuk turunkan berat badan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Baru Dibangun, Rumah Nenek Terbakar di Jombang Akibat Korsleting Listrik

Posted: 04 Oct 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bengkel sepeda motor di Jalan Jemur Wonosari, Surabaya, ludes terbakar. Kondisi bengkel yang tutup, memaksa petugas PMK, menjebol tembok untuk memadamkan api. Sementara itu di Jombang, rumah seorang nenek, yang baru selesai dibangun, juga terbakar.

Beruntung sang nenek berhasil diselamatkan dari musibah kebakaran, yang diduga diakibatkan korsleting listrik itu.

Kebakaran bengkel motor di pemukiman padat penduduk ini, sempat membuat panik warga. Api yang membesar dan merembet ke bangunan lantai dua di bengkel tersebut, sempat membuat petugas PMK kesulitan memadamkan api.

Apalagi kondisi bengkel sedang tutup, sehingga memaksa petugas menjebol tembok samping bangunan bengkel. Satu jam berselang, 3 unit mobil PMK berhasil memadamkan api, yang meluluhlantakkan seluruh isi bengkel, termasuk 3 motor di dalamnya. Kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik. Berikut seperti diberitakan Liputan6, 4 Oktober 2019.

Kebakaran juga meludeskan rumah milik seorang nenek, yang baru selesai dibangun di Desa Karang Dagangan, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Jombang, Jawa Timur.

Api cepat membesar, karena rumah bantuan tersebut, sebagian besar materialnya terbuat dari kayu. Beruntung warga cepat mengetahui kejadian itu, dan langsung bergotong-royong memadamkan api. Sang nenek, Pateni, yang saat kejadian bersama dua balita, juga berhasil diselamatkan warga.

Musibah kebakaran yang ditaksir menelan kerugian ratusan juta rupiah itu, diduga akibat korsleting listrik. Namun, untuk mengetahui penyebab pastinya, petugas kepolisian melakukan oleh Tempat Kejadian Perkara (TKP).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertarik Ikut Ajang Lari? Persiapkan Dulu 2 Bulan Sebelumnya

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasa begitu cepat lelah ketika menjalani olahraga lari. Baru 15 menit saja, napas sudah menjadi tidak karuan dan kaki tak lagi kuat untuk berlari. Kondisi ini mungkin terjadi karena tubuh tidak terbiasa untuk berlari.

"Kalau mau lari, harus biasakan dulu kakinya untuk bergerak. Bisa dengan berjalan kaki, di mal misalnya. Kasih target misalnya satu hari satu jam jalan kaki," ucap pendiri komunitas lari IndoRunner, Reza Puspo.

Persiapan sebelum lari menjadi penting untuk dilakukan. Selain untuk melatih tubuh bergerak, kegiatan ini dapat membantu Anda terhindar dari nyeri atau kelelahan terlalu dini.

Reza juga menyarankan, melatih diri agar terbiasa dengan berlari dapat dilakukan selama kurang lebih dua bulan. Latihan tersebut juga harus rutin dan konsisten.

"Orang yang tidak terbiasa lari dan mau untuk lari nonstop biasanya harus latihan selama dua bulanan. Dalam satu kali latihan, jangan terlalu buru-buru untuk lari terus-terusan. Harus diselingi sama jalan kaki misalnya," jelas Reza dalam acara Media Gathering The Color Run di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

 

Kombinasi Lari dan Jalan

Lari untuk pemula bisa dimulai dengan berlari selama lima menit, kemudian berjalan kaki lima menit. Latihan ini dapat dilakukan selama seminggu untuk membiasakan diri.

"Nanti minggu depannya ditambahin lagi, jalannya dikurangin. Mudah-mudahan dalam dua bulan badannya sudah bisa terbiasa untuk nonstop lari dalam sekali putaran," ucap Reza.

Para pemula juga tidak dianjurkan untuk berlari terus menerus setiap harinya. Idealnya, lari bagi pemula dapat dilakukan sebanyak tiga kali seminggu. Sedangkan, durasi ideal yang dapat digunakan untuk latihan lari bagi pemula adalah 30-45 menit per hari.

"Jangan latihan lari nonstop setiap hari. Karena badan ketika latihan perlu recovery agar mencapai target maksimum. Apalagi baru pertama kali lari," ucap Reza.

 

Reza juga menyarankan agar berat badan tidak berlebihan saat ingin rutin olahraga lari. 

"Berat badan harus dikondisikan dulu. Karena kalau membawa tubuh untuk berlari dengan kecepatan yang tidak sesuai dengan kemampuan tubuh itu berat sekali," ucap Reza.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih Kesuksesan, 6 Artis Tanah Air Ini Lebih Pilih Hidup Sederhana

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Membicarakan kehidupan artis memang tak pernah ada habisnya. Seluruh aspek kehidupan artis menarik diperbincangkan. Mulai dari lika-liku karier, asmara, hingga kemewahan cara hidupnya pun tak luput dari sorotan. Para artis memang dekat dengan image berkelas dengan harta bergelimang. 

Hal ini lah yang membuat profesi artis saat ini banyak menjadi incaran para generasi muda khususnya di Indonesia. Banyak yang menganggap menjadi selebritis adalah cara tercepat untuk menjadi kaya.

Beberapa artis ini mengaku tidak senang menampilkan kekayaannya di hadapan publik. Kekayaan dan popularitas tak membuat para publik figur ini menjadi lupa diri dan sombong. Berikut 6 artis Tanah Air yang memilih hidup sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/10/2019).

1. Soimah

Soimah Pancawati (Sumber: Instagram/showimah)

Sosok Soimah tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Walaupun telah sukses dan menjadi pesinden besar hingga menjadi juri ajang pencarian bakat, tak membuat Soimah sombong. Ibu dua anak ini memang dikenal sebagai selebritis yang rendah hati.

Tak heran jika Soimah tetap hidup sederhana meski dirinya disebut sebagai salah satu artis terkaya di Tanah Air. Hal ini juga dibuktikan dari keseharian yang ia bagikan di media sosial.

Soimah tak pernah malu menggunakan baju murah atau makan dipinggir jalan. Ia mengaku semua orang adalah sama dan ia pun juga hanya manusia biasa.

2. Ruben Onsu

Presenter kondang Indonesia, Ruben Onsu mengangkat Betrand Peto menjadi anak pertama dan laki-lakinya. Ruben Onsu terlihat melakukan photoshoot untuk mengabadikan momen bahagia itu. (Liputan6.com/IG/@ruben_onsu)

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Ruben Onsu dan Sarwendah adalah pasangan selebritis yang merakyat. Meskipun kaya raya, mereka tidak segan menampilkan gaya hidupnya yang biasa-biasa saja dan tak jauh dari kehidupan masyarakat biasa.

Sarwendah juga kerap terlihat menggunakan daster di rumah dan bahkan pergi ke pasar tradisional. Bahkan keduanya juga sering mengajak anak mereka berkebun dan menanam padi di sawah.

3. Dude Harlino

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Rumah tangga Dude Harlino dan Alyssa Soebandono terlihat selalu harmonis dan jauh dari berita miring. Terkenal kaya raya dari berbagai bisnisnya, tak membuat keduanya hidup bermewah-mewahan. Justru Dude dan Alyssa terkesan tampil sederhana.

4. Dimas Seto

Dimas Seto dan Dhini Aminarti (Instagram/dhiniaminarti)

Selain Dude dan Alyssa, pasangan selebriti Dhini Aminarti dan Dimas Seto juga menjadi salah satu selebritis yang sederhana dan jauh dari kesan bermewah-mewahan. Pasangan yang sudah 9 tahun menikah ini lebih memilih tampil sederhana ketimbang menunjukkan harta yang dimiliki.

5. Ringgo Agus

Keluarga Ringgo Agus Rahman dan Sabai Dieter ini memang terkenal lucu dan unik oleh warganet. Seperti yang mereka lakukan dalam foto ini. (Liputan6.com/IG/@ringgoagus)

Kehidupan berumah tangga yang dijalani Ringgo dan Sabai Morscheck sangat harmonis. Keduanya terkenal memiliki karier yang sukses. Walaupun telah sukses, keduanya memilih untuk hidup sederhana. Keduanya bahkan tak pernah jaim memamerkan kesederhanaan keluarga.

6. Dian Sastrowardoyo

Didiagnosis Autisme, Ini 6 Momen Kebersamaan Dian Sastrowardoyo Bersama Anak (sumber:Instagram/therealdisastr)

Dian Sastrowardoyo kerap kedapatan naik ojek online untuk melawan kemacetan kota Jakarta. Meski dinikahi oleh anak konglomerat tidak membuatnya melulu menggunakan fasilitas pribadi.

Seringkali ia mengunggah potret dirinya sedang dibonceng abang ojek online. Dian juga tidak pernah memerkan kekayaan di media sosialnya. Dia cenderang lebih suka membagikan momen dirinya dalam berbagai kegiatan sosial.

7. Duta Sheila on 7

Kesederhanaan Duta Sheila On 7 (Sumbe: Mi Lethek Bantul)

Grup band 'Sheila on 7' tentunya sudah tidak asing lagi. Apalagi dengan sosok sang vokalis, Duta. Pria bernama lengkap Akhdiyat Duta Modjo ini memang terkenal dengan sifat rendah hati dan sederhana. Meski telah sukses dalam karier bandnya dan juga bisnis pakaian, Duta tak pernah pamer kekayaan di media sosial. Bahkan, Duta dan keluarganya tak malu untuk makan di pinggir jalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Jenderal Soedirman Berwudlu dengan Embun Saat Perang Gerilya

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Purbalingga - Belanda mengkhianati perjanjian Renville dengan serangan mendadak ke Yogyakarta, 19 Desember 2019. TNI yang tidak dalam keadaan siap terpaksa mundur dan berperang gerilya.

Perang gerilya dipimpin langsung oleh Panglima Jenderal Besar Soedirman. Pimpinan militer yang kharismatik, dan sangat dicintai oleh pasukannya.

Bagaimana tidak, saat itu, sang Jenderal Besar dalam keadaan sakit parah. Beberapa hari sebelumnya, ia baru menjalani operasi paru-paru dan selama berhari-hari hanya terbaring lunglai di tempat tidurnya.

Tetapi, tanggung jawabnya kepada negara begitu besar. Ia mengsesampingkan fisiknya yang lemah. Didorong semangat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya meski harus ditandu.

Jangan membayangkan perang gerilya semacam kegiatan survival. Pasukan kecil pengawal Jenderal Soedirman, bahkan tak berbekal logistik makanan. Meski didampingi oleh dokter pribadi, sang dokter tak memiliki obat.

Itu makanya, perang gerilya akan menjadi risalah abadi bagaimana para pejuang mempertahankan kemerdakaan bangsa ini, termasuk pada HUT TNI. Ini adalah perang gerilya terberat dan terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah bangsa Indonesia.

Alkisah, Jenderal Soedirman dan pasukan menyusur jalur pantai selatan. Dari selatan Yogyakarta, mereka menuju Jawa Timur.

Pada satu waktu, Jenderal Soedirman dan pasukannya selama berhari-hari mereka menyusuri pegunungan kapur. Siang, luar biasa panas. Sebaliknya, malam hari, dingin menyelusup sum-sum tulang.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Jenderal Soedirman Sebagai Simbol Harapan Rakyat Indonesia

Repro foto Panglima Jenderal Besar Soedirman perang gerilya tujuh bulan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Jangan tanya bawa jaket apa tidak. Pakaian itu yang melekat di badan," ucap mantan Pengawal Jenderal Soedirman, Mayor (Purn) Abu Arifin, di Purbalingga, Jumat, 14 September 2019.

Berbeda hari, pasukan terkepung berhari-hari di sebuah hutan rotan. Mereka dikepung pasukan Belanda hingga lima hari berturut-turut, tanpa makanan.

Dengan keberanian luar biasa demi sang Jenderal Soedirman, salah satu komandan Kompi I, Kapten Suparjo Rustam, menyusup keluar menjual baju batik yang lusuh. Ia berhasil menghindari sergapan pasukan Belanda yang berderet-deret.

Berkali-kali, pasukan kecil ini diserbu, diburu, disergap dan bertempur dengan gagah berani. Banyak anggota pasukan yang gugur.

Belanda begitu bernafsu menghabisi Jenderal Soedirman. Karena, dia lah satu-satunya harapan rakyat Indonesia saat itu. Soekarno, Hatta dan petinggi negeri lainnya telah ditangkap.

"Terutama untuk Jenderal Soedirman. Karena beliau sedang sakit. Kami harus melindungi dengan segenap jiwa dan raga," ucapnya.

Toh, Jenderal Soedirman selalu lolos. Ada rahasia kenapa Jenderal Soedirman selalu lolos dari intaian Belanda. Ia begitu dicintai oleh rakyat dan pasukannya.

"Ia adalah simbol dan harapan rakyat Indonesia," ujarnya.

Mukjizat Tuhan, Jenderal Soedirman Selamat Perang Gerilya 7 Bulan

Repro foto Panglima Jenderal Besar Soedirman dan Presiden Soekarno. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Abu Arifin beragama Nasrani dan menjadi pendeta. Tetapi, ia mengakui, Jenderal Soedirman adalah sosok yang begitu mengagumkan. Ia begitu taat beragama.

Di tengah hutan, kerap kali mereka sulit menemukan mata air. Padahal, untuk bersalat, Jenderal Soedirman butuh berwudlu. Maka, dalam berbagai kesempatan, sang Jenderal berwudlu dengan embun yang menempel di dedaunan.

Tiap waktu salat tiba, Jenderal Soedirman selalu bersalat. Kesaksian Abu Arifin, tak sekali pun Jenderal Soedirman meninggalkan salat lima waktu.

"Ini adalah mukjizat. Jenderal Soedirman dan pasukan berhasil bertahan dalam perang gerilya yang begitu panjang," dia mengungkapkan.

Banyak yang menganggap Jenderal Soedirman sakti lantaran selalu lolos dari sergapan Belanda. Tetapi, bagi Arifin, Tuhan lah yang melindungi sang Jenderal.

Ia seseorang yang berani, pantang menyerah, sekaligus tegas. Tetapi di sisi lain, ia adalah sosok bapak yang baik untuk anak-anaknya, pasukan pengawal dan TNI secara keseluruhan.

Karenanya, para pengawal sangat menjaga keselamatan Jenderal Soedirman. Pun dengan rakyat yang menyandarkan harapannya kepada Panglima TNI pertama ini.

Tujuh bulan perang gerilya, Jenderal Soedirman pulang ke Yogyakarta pada Juli 2019. Dan ia, wafat sebagai kusuma bangsa pada Januari 1950, tak lama seusai Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulog Diminta Laporkan Penyimpangan Bantuan Pangan Nontunai

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi), Sutarto Alimoeso mengharapkan Perum Bulog melaporkan dugaan penyimpangan atau kampanye negatif yang dilakukan oknum penyalur beras Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

Mantan Dirut Perum Bulog ini mengatakan pelaporan kepada penegak hukum bisa menyelesaikan masalah penyimpangan atau kampanye negatif yang menyebutkan beras Bulog berkualitas buruk sehingga menghambat penyaluran BPNT.

"Kalau ada yang bermain-main, diproses hukum saja sehingga tidak jadi polemik. Kalau ada masalah tinggal dibuktikan yang mana," ungkap dari dikutip dari Antara, Sabtu (5/10/2019).

Terkait penyaluran BPNT ini, dia mengusulkan penyaluran beras bisa dilakukan lebih cepat sejak awal Januari. Hal tersebut agar hasil menjadi lebih optimal dan tidak ada beras menumpuk di gudang.

"Coba kalau sudah dimulai sejak Januari lalu, artinya sebagian besar berasnya sudah keluar kemudian bisa membeli beras yang baru," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Pengamat Ekonomi Indef Rusli Abdullah mengharapkan adanya sistem penyaluran yang lebih efekfif salah satunya dengan membagi wilayah atau regional distribusi beras BPNT.

Misalnya, lanjut dia, Bulog memegang penuh distribusi di bagian Pulau Jawa atau Sumatera, sedangkan pemasok lain di pulau lain.

Selain itu, ia juga mengingatkan pentingnya upaya agar beras tidak terlalu lama menumpuk di gudang agar kualitas beras BPNT medium ke atas tetap terjaga.

Sementara itu, Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menduga jauhnya penyerapan penyaluran beras Bulog lewat program BNPT karena adanya kesalahan internal.

Oleh karena itu, menurut dia, Bulog harus memperbaiki sistem pengadaan sejak dari perencanaan hingga eksekusi di lapangan.

Uchok juga mengharapkan adanya kepemimpinan di Bulog yang mau mengambil risiko dan mampu melayani masyarakat.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Realisasi Penyaluran Bantuan Pangan Nontunai

Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut realisasi penyaluran beras untuk program BPNT baru mencapai 30 ribu ton dari alokasi yang sudah disiapkan sebesar 700 ribu ton hingga akhir 2019.

Budi Waseso pesimistis BUMN sektor pangan tersebut tidak mencapai target penyaluran hingga akhir tahun karena kejahatan yang dilakukan oknum atau mafia penyalur beras BPNT.

Menurut dia, salah satu modus penyimpangan yang dilakukan para penyalur beras BPNT adalah dengan melakukan kampanye negatif terhadap beras produksi Bulog.

Oknum melakukan manipulasi dengan cara menukar beras Bulog dengan beras lain yang kualitasnya lebih rendah ke dalam kantung bermerek Bulog.

Akibatnya, masyarakat penerima bantuan terkecoh dan mengira bahwa beras bermutu rendah, yakni bau, berkutu dan kusam, adalah beras produksi Bulog.

Buwas memprediksi dengan hambatan yang terus terjadi ini, Bulog hanya akan mampu menyalurkan beras sekitar 90.000 ton hingga akhir tahun.

"Saya minta bantuan agar mafia tidak kurang ajar terus. Paling-paling kalau terus begini, cuma tersalur 90.000 ton," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Pemeran Pengganti yang Mirip dengan Artis Aslinya

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di balik kesuksesan aktor/aktris, ada jasa seorang pemeran pengganti. Jika tidak, mungkin film kesukaan Anda tidak akan ada. Semua aktor biasanya memiliki pemeran pengganti yang bertindak atas nama mereka.

Pemeran pengganti yang dicari biasanya yang memiliki fisik tak jauh berbeda dengan pemeran aslinya. Namun, ada kalanya saking mirip dengan sang artis, pemeran pengganti tersebut terlihat seperti kembaran si artis.

Artikel tentang deretan foto pemeran pengganti yang mirip banget dengan artis aslinya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang viral curhatan pilu ibu dihalangi masuk ke pernikahan anaknya sendiri.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang gaya berpakaian paling nyeleneh di tempat umum.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bak Kembar, 8 Foto Pemeran Pengganti Ini Mirip Banget dengan Artis Aslinya 

Doc: Brightside.me

Di balik kesuksesan aktor/aktris, ada jasa seorang pemeran pengganti. Jika tidak, mungkin film kesukaan Anda tidak akan ada. Semua aktor biasanya memiliki pemeran pengganti yang bertindak atas nama mereka.

Selengkapnya...

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

 

2. Viral Curhat Pilu Ibu Dihalangi Masuk ke Pernikahan Anaknya Sendiri

(Irma Mahmud/facebook.com)

Sosok Irma Mahmud, ibu dari penyanyi asal Singapura ini tengah menjadi perbincangan viral karena curhatannya di Facebook. Di hari pernikahan putranya yang berlangsung pada Senin, 30 September 2019, ia menerima perlakuan tidak mengenakan.

Dalam akun Facebook-nya, Irma menceritakan bahwa ia diperlakukan seperti penjahat di momen bahagia anaknya sendiri, Sufi Rashid. Bahkan ia ditahan dan dihalangi untuk masuk ke pesta pernikahan tersebut.

Selengkapnya...

3. 9 Gaya Berpakaian Paling Nyeleneh di Tempat Umum, Berani Coba?

foto: brightside

Sebagian besar dari kalian pastinya akan selalu berusaha tampil rapi ketika pergi keluar rumah. Pasalnya kalian akan bertemu banyak orang entah ketika pergi ke kantor, kampus, pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya.

Meski begitu, setiap orang tentu memiliki selera fashion yang berbeda-beda. Ada yang senang mengenakan pakaian santai, namun ada pula yang senang menambahkan berbagai outfit fashion lain agar penampilan lebih menarik.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Hacker Biasa Kuasai Akun WhatsApp Cuma Pakai GIF

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bug memungkinkan hacker untuk mendapatkan akses ke WhatsApp hanya dengan mengirim GIF jahat. Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (4/10/2019).

Berita lain yang tak kalah populer datang dari Apple yang kabarnya akan meluncurkan iPhone SE 2.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Berbekal GIF, Hacker Bisa Kuasai Akun WhatsApp Pengguna

Pengguna WhatsApp, ada baiknya untuk segera memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Pasalnya, seorang peneliti keamanan menemukan celah memalukan di aplikasi pesan milik Facebook itu.

Mengutip laman The Next Web, Jumat (4/10/2019), bug itu memungkinkan hacker untuk mendapatkan akses ke WhatsApp hanya dengan mengirim GIF jahat.

Menurut peneliti keamanan dengan nama Awakened, bug di WhatsApp ini bersifat kerentanan double-free. Kerentanan ini mengacu pada anomali korupsi memori yang dapat menyebabkan crash pada suatu aplikasi.

Baca selengkapnya di sini

2. Apple Akan Luncurkan iPhone SE 2 di Pasaran, Kapan?

Kabar kehadiran smartphone iPhone SE 2 memang sudah beredar di internet sejak hampir dua tahun lalu.

Pada kala itu, Apple dipredisksi akan meluncurkan seri penerus iPhone SE tersebut pada gelaran acara besar perusahaan 11 September 2019.

Nyatanya, perusahaan rintisan Steve Jobs dan Steve Wozniak tersebut hanya mengumumkan seri penerus iPhone X, yakni iPhone 11.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Sutradara Star Wars Bikin Film Pakai iPhone 11 Pro

Tiga kamera belakang iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

Apple kerap bekerja sama dengan sutradara film untuk memperlihatkan kualitas kamera iPhone. Perusahaan pun kembali melakukannya untuk iPhone 11 Pro.

Dilansir GSM Arena, Jumat (4/10/2019), Apple menggandeng Rian Johnson untuk merekam film pendek menggunakan iPhone 11 Pro. Johnson merupakan sutradara Star Wars: The Last Jedi, dan Knives Out.

Film pendek tersebut berjudul Paris 9/19. "Apple membiarkan saya bermain-main dengan iPhone Pro terbarunya. Saya biasanya meihat upgrade kamera ponsel tidak terlalu menarik, tapi lensa sudut lebar (iPhone 11 Pro), benar-benar game changer," tulis Johnson melalui akun Twitter miliknya.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 di Indosiar: Kalteng Putra vs Barito Putera

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palangkaraya - Kalteng Putra akan menjamu Barito Putera di Stadion Tuah Pahoe dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Duel ini bakal disiarkan langsung di Indosiar pada Sabtu (5/10/2019).

Sebagai tuan rumah, Kalteng Putra unggul di atas kertas dalam laga Shopee Liga 1 2019. Kalteng Putra secara realita belum terkalahkan dalam lima laga kandang yang digelar di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya. Pasukan Gomes de Oliveira meraih tiga kali kemenangan dan dua kali imbang.

Bermain di depan pendukungnya, Kalteng Putra tentu mendapatkan motivasi tambahan. Apalagi klub berjuluk Laskar Isen Mulang berniat kembali ke jalur kemenangan karena belum lagi meraih tiga poin dalam lima laga terakhir di Shopee Liga 1 2019.

Meski demikian, perjuangan Kalteng Putra meraih tiga poin diprediksi tak akan mudah. Apalagi Barito Putera sedang dalam kepercayaan diri tinggi karena mampu meraih kemenangan 1-0 atas Persebaya Surabaya pada laga terakhir.

Duel Kalteng Putra vs Barito Putera di Shopee Liga 1 2019 bakal disiarkan di Indosiar mulai pukul 15.30 WIB.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan secara langsung laga Kalteng Putra vs Barito Putera silakan klik di sini...

Prakiraan Susunan Pemain

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (kiper), Rafael Bonfim, Wasyiat Hasbullah, Kevin Gomes, OK John (belakang), Takuya Matsunaga, Rizky Dwi Febrianto, Pandi Lestaluhu (tengah), Yohanes Pahabol, Patrich Wanggai, Eydison (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira (Brasil)

Barito Putera (3-4-3): Muhammad Riyandi (kiper), Cassio, Dandi Maulana, Roni Beroperay (belakang), Ady Setiawan, Raffi Syarahil, Gavin Kwan, Kosuke Uchida (tengah), Rizky Pora, Rafael Silva, Francisco Wagsley (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman (Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Demonstrasi Besar Pecah di Irak, 60 Tewas

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demonstrasi menentang korupsi dan pengangguran terjadi di Irak. Demonstran ditembaki petugas dengan peluru hingga menewaskan 60 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perempuan yang Ditangkap Bersama Rifat Umar Positif Narkoba

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesinetron Rifat Umar harus berurusan dengan polisi karena kasus narkoba. Bukan saja terbukti mengonsumsi narkoba jenis ganja, ia juga kedapatan memiliki barang haram tersebut.

Saat dicokok pada 4 Oktober 2019 kemarin, polisi menemukan barang bukti narkoba dari kamar kos Rifat Umar di bilangan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), ada narkoba jenis ganja seberat 89,83 gram kepunyaan Rifat Umar.

Rifat Umar kemudian digiring ke kantor polisi bersama dengan dua rekannya, Rizki Ramadhan (RR) dan Tessa Nur Aliyah, yang belakangan diketahui sebagai kekasih Rifat Umar.

Polisi juga telah menetapkan status ketiganya. Rifat Umar dan Tessa Nur Aliyah terbukti sebagai pemakai narkoba. Sedangkan Rizki Ramadhan terbukti sebagai pemakai dan pengedar.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

 

 

Kekasih Positif Ganja

Rifat Umar Ditangkap Terkait Narkoba dengan Teman Wanitanya (sumber: Instagram/@rifatsungkar93)

"Dari hasil pendalaman, bahwa tersangka RU dan RR kita tes urine, itu positif ganja dan positif Amphetamin. Sedangkan untuk perempuan yang ada di kamar RU, dia positif (narkoba)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2019).

Dari hasil pemeriksaan, diketahui pula jika status kekasih Rifat Umar hanya pengguna narkoba karena tidak ditemukan barang bukti narkoba saat penangkapan.

"Dan tidak ada barang (ganja) padanya. Dan itu pemakaian yang sudah lama, makanya direhabilitasi," Kombes Pol Argo Yuwono, menambahkan. 

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Kini Bakteri Bisa Merubah Bentuk Diri Demi Menghindari Antibiotik

Posted: 04 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan antibiotik yang meluas sebagian besar merupakan penyebab munculnya bakteri resisten antibiotik, yang saat ini merupakan salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan global. Demikian menurut riset yang dilakukan oleh Katarzyna Mickiewicz, Newcastle University Research Fellow di Newcastle University, Inggris.

Tidak hanya kebal obat, keberadaan bakteri semacam ini disebut Mickiewicz sudah menyebabkan sekitar 700.000 kematian per tahun. Selain itu, mereka pun membuat banyak infeksi, termasuk pneumonia, tuberkulosis, dan gonore (kencing nanah), lebih sulit untuk diobati.

Bila para ilmuwan dan dokter tidak mengetahui cara menghentikan bakteri-bakteri ini dari mengembangkan dirinya, diperkirakan penyakit yang dapat dicegah dapat menyebabkan 10 juta kematian per tahun pada 2050.

Beberapa cara bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik adalah melalui perubahan genom bakteri. Misalnya, bakteri dapat memompa antibiotik keluar, atau mereka dapat memecah antibiotik.

Mereka juga dapat berhenti tumbuh dan mulai membelah diri, yang membuat mereka sulit dikenali untuk sistem kekebalan tubuh. Namun, penelitian Mickiewicz berfokus pada metode lain yang diterapkan bakteri untuk menjadi resisten antibiotik.

"Kami bisa menunjukkan bahwa bakteri dapat mengubah bentuk dirinya saat berada di dalam tubuh manusia untuk menghindari efek antibiotik. Proses ini tidak memerlukan perubahan genetik bakteri untuk terus tumbuh," ujar Mickiewicz seperti dikutip dari Science Alert, Jumat, 4 Oktober 2019.

Hampir semua bakteri dikelilingi oleh struktur yang disebut dinding sel. Dinding ini seperti jaket tebal yang melindungi mereka dari lingkungan sekitar dan mencegah sel mereka hancur.

Jaket tersebut juga memberi bakteri bentuk biasa (misalnya, batang atau bola) dan membantu mereka membelah diri secara efisien.

"Sel manusia tidak memiliki dinding sel atau jaket itu. Oleh karenanya, imun manusia mudah mengenali bakteri sebagai musuh sebab dinding selnya sangat berbeda," Mickiewicz menjelaskan.

"Dan, karena dinding sel ada di dalam bakteri tetapi tidak pada manusia, itu menjadi target yang sangat bagus untuk beberapa antibiotik terbaik dan paling umum digunakan, seperti penisilin."

Dengan kata lain, antibiotik yang menargetkan dinding sel bakteri dapat membunuh bakteri itu tanpa membahayakan kita.

Berubah Seperti Huruf

Bacillus anthracis, bakteri penyebab antraks (Wikipedia)

Bagaimanapun, bakteri kadang-kadang dapat bertahan hidup tanpa dinding sel. Jika kondisi di sekitarnya mampu melindungi bakteri dari penghancuran, mereka dapat berubah menjadi apa yang disebut "bentuk-L", yaitu bakteri yang tidak memiliki dinding sel.

Bakteri ini ditemukan pada 1935 oleh Emmy Klieneberger-Nobel. Nama bakteri diambil dari Lister Institute, di mana Emmy bekerja pada saat itu.

"Di laboratorium, kita sering menggunakan gula untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan pelindung tubuh bakteri. Dalam tubuh manusia, perubahan bentuk mereka biasanya dipicu oleh antibiotik yang menargetkan dinding sel bakteri, atau molekul kekebalan tertentu, seperti lisozim yang ada di dalam air mata kita. Ini membantu melindungi kita dari infeksi bakteri," papar Mickiewicz lagi.

Bakteri tanpa dinding sel umumnya menjadi rapuh dan kehilangan bentuk regulernya. Namun, mereka juga bisa tidak terlihat oleh sistem kekebalan tubuh manusia dan benar-benar resisten terhadap semua jenis antibiotik yang secara khusus menargetkan dinding sel.

Para ilmuwan lama menduga bahwa peralihan "bentuk-L" dapat berkontribusi pada munculnya infeksi berulang, dengan membantu bakteri bersembunyi dari imun tubuh dan melawan antibiotik.

Akan tetapi, sulit untuk menemukan bukti terhadap teori ini karena "bentuk-L" sukar dipahami dan kurangnya metode yang tepat untuk mendeteksi mereka.

Melihat Bakteri Merubah Bentuk

Bakteri kolera (Vibrio cholerae) tampak mikroskopis (Wikimedia / Creative Commons)

Studi yang dipublikasikan di Nature Communications itu mengamati secara spesifik spesies bakteri yang terkait dengan infeksi saluran kemih berulang (ISK).

Ditemukan bahwa banyak spesies bakteri yang berbeda, termasuk E. coli dan Enterococcus, memang dapat bertahan hidup sebagai "bentuk-L" dalam tubuh manusia.

"Ini adalah sesuatu yang belum pernah dibuktikan secara langsung sebelumnya. Kami dapat mendeteksi bakteri licik ini menggunakan probe fluoresen yang mengenali DNA bakteri," sebut Mickiewicz.

"Kami menguji sampel urin dari pasien lansia yang terserang ISK berulang, dengan menempatkannya ke dalam cawan petri tinggi gula. Lingkungan ini tidak hanya membantu melindungi bakteri dari penghancuran, tetapi juga mengisolasi bakteri 'bentuk-L' yang ada di dalam sampel ini."

Menurut Mickiewicz, hal penting dari penelitian dia adalah antibiotik perlu diuji dalam kondisi yang lebih mencerminkan tubuh manusia. Sedangkan yang saat ini digunakan di laboratorium medis tidak memberikan perlindungan cukup untuk bertahan hidup bagi bakteri "bentuk-L".

Mickiewicz menambahkan: "Sebelum kita dapat sepenuhnya memahami betapa pentingnya peralihan 'bentuk-L' dibandingkan dengan bentuk lain dari resistensi antibiotik, diperlukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan lebih banyak pasien."

Penting juga untuk menyelidiki peran yang mungkin dimainkan oleh "bentuk-L" pada infeksi berulang lainnya, seperti sepsis atau infeksi paru.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Badak Lampung FC Vs Semen Padang: Jaga Momentum Bagus

Posted: 04 Oct 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Badak Lampung FC punya target khusus saat menantang Semen Padang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019.  Mereka ingin  mempertahankan tren belum terkalahkan dalam tujuh laga terakhir.

Apalagi Badak Lampung FC bakal menghadapi Semen Padang di markas sendiri, Stadion Sumpah Pemuda, Lampung. Lima dari tujuh catatan tak terkalahkan itu dihasilkan saat main di kandang sendiri.

Kendati, dari tujuh pertandingan terakhir itu, hanya dua yang berujung kemenangan.

Badak Lampung bakal menghadapi tantangan tak mudah dalam laga nanti karena mereka bakal bermain tanpa tiga pemain andalan. Ketiganya adalah gelandang Marcus Vinicius Vidal, Yoewanto Setya Benny (kiper), dan Johan Yoga Utama (penyerang).

Meski begitu, pelatih Badak Lampung, Milan Petrovic, mengungkap tim asuhannya akan tetap mencoba bermain seperti biasa. Pasalnya, ia mengaku punya pengganti sepadan untuk tiga pemain yang absen dengan alasan berbeda tersebut. Ada yang sakit, cedera, dan menjalani hukuman akumulasi kartu.

Milan Petrovic juga meminta pemainnya untuk memaksimalkan menit-menit awal pertandingan untuk mencetak gol.

Hal lain yang jadi sorotan Milan Petrovic jelang pertandingan adalah keberadaan pelatih Eduardo Almeida di kubu Semen Padang. Sejak kehadiran pelatih asal Portugal itu, penampilan Kabau Sirah membaik.

Dedy Gusmawan dkk. mampu meraup lima poin dari tiga pertandingan, termasuk dua laga tandang melawan Persib Bandung (18/9/2019) dan Tira Persikabo (27/9/2019).

Petrovic menyanjung Almeida, dan mewaspadai racikan pelatih yang baru didatangkan Semen Padang pada putaran kedua tersebut.

"Kita tahu Almeida banyak mengubah gaya permainan Semen Padang. Yang pasti, Semen Padang jadi lebih efektif dalam bermain," kata Petrovic, pelatih Badak Lampung FC.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Yakin Dapat Poin

Pemain Semen Padang usai pertandingan menghadapi Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Pakansari, Bogor, Jumat (27/9). Tira Persikabo bermain imbang 1-1 atas Semen Padang. (Bola.com/Yoppy Renato)

Di sisi lain, Eduardo Almeida dipastikan sudah bisa mendampingi tim asuhannya di bench saat pertandingan menyusul telah keluarnya Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Tren yang sedang membaik, bisa membuat Semen Padang memutus rekor tak pernah menang di markas lawan. Pencapaian terbaik Semen Padang dalam laga tandang sejauh ini di Liga 1 2-19 hanya menahan tim tuan rumah.

Eduardo Almeida optimistis anak asuhnya bisa berbuat banyak dan mampu merealisasikan target tiga poin.

"Pemain telah menyatakan kesiapan dan motivasi besar untuk memutus serangkaian rapor buruk pada laga tandang. Hingga saat ini, kami belum sekali pun menang di kandang lawan. Mudah-mudahan dengan rapor bagus yang kami peroleh sebelumnya, misi itu bisa terlaksana," kata Almeida.

Target kemenangan bukan tanpa alasan. Menurut Eduardo, agar bisa keluar dari zona degradasi, seluruh pertandingan yang dilakoni harus menghasilkan poin, termasuk mencuri poin milik Badak Lampung FC.

Ia menyadari, tidak mudah mengalahkan tuan rumah. Namun, modal tampil dengan kekuatan penuh pada laga nanti, menurutnya menjadi tambahan, selain motivasi, semangat juang, serta persiapan teknis.

"Kami tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir. Ini tentunya mengangkat moral pemain. Mereka harus bermain dengan fighting spirit serta meminimalisasi kesalahan dasar. Untuk penyelesaian akhir, kami telah memperbaikinya," tambahnya.

Sementara itu, pilar Kabau Sirah, M. Rifki, mengatakan ia dan pemain lain sama-sama memiliki keyakinan bisa melanjutkan tren positif, meski bermain di kandang lawan.

"Kami yang sekarang berbeda dari putaran pertama. Banyak pemain baru dan kami juga memiliki modal positif dari laga sebelumnya. Persiapan kami juga sudah matang dan kami siap meraih tiga poin," tegas Rifki.

Prakiraan Susunan Pemain

Pelatih Perseru Badak Lampung FC, Milan Petrovic, saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (16/8). Bhayangkara FC takluk 0-1 dari Badak Lampung FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Badak Lampung FC (3-4-1-2): Daryono (kiper); Bojan Malisic, Antony Golec, Saepulloh Maulana (belakang); Reva Adi Utama, Kurniawan Karman, Arthur Bonai, Akbar Tanjung (tengah); Marquinhos, Hariyanto Panto, Fernandinho (depan)

Pelatih: Milan Petrovic

Semen Padang (4-3-3): Teja Paku Alam (kiper); Muhammad Rifki, Syaiful Anwar, Dedi Gusmawan, Manda Cingi (belakang); Leo Guntara, Yoo Hyun-koo, Flavio Beck Junior (tengah); Dedi Hartono, Vanderlei Francisco, Irsyad Maulana (depan)

Pelatih: Eduardo Almeida

Disadur dari Bola.com (penulis Arya Sikumbang, editor Aning Jati, published 5/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Projo: Kapan pun Pelantikan Presiden Jokowi, Kami Siap Kawal

Posted: 04 Oct 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Organisasi pendukung Jokowi, Projo menegaskan siap menerima apapun keputusan MPR mengenai waktu dan tanggal pelantikan Presiden dan Wapres RI periode 2019 - 2024.

"Mau tanggal 20 Oktober atau kapanpun kami siap. Buat kami tidak masalah. Kami dan para relawan hanya sekadar mengusulkan kepada Presiden. Kami menghormati keputusan MPR. Presiden Jokowi kan sudah tegaskan tunduk pada konstitusi dan aturan ketatanegaraan. Kami juga menghormati dan tunduk pada keputusan MPR mengenai tanggal pelantikan," ujar Ketua Projo , Budi Arie Setiadi dalam keterangannya, Sabtu (5/10/2019).

Dia menambahkan, negara ini merupakan negara hukum dan seluruh warga bangsa harus tunduk pada konstitusi. Ia juga mengimbau kepada pihak- pihak yang ingin menggagalkan pelantikan harus siap menghadapi konsekuensinya.

"Menggagalkan pelantikan pemimpin yang lahir dari proses demokrasi sama saja merampas suara rakyat dan menhancurkan demokrasi itu sendiri," ujar mantan Aktivis 98 UI ini.

Pelantikan Presiden Jokowi, menurut jadwal akan berlangsung pada aMinggu 20 Oktober 2019. Pelantikan ini harus dimaknai sebgai Merayakan Mandat Rakyat.

"Presiden Jokowi itu mandataris rakyat. Beliau dipilih langsung oleh rakyat. Kami yakin dengan energi dan tenaga rakyat. Kami yakin Rakyat bersama Jokowi karena Jokowi ada di hati rakyat, " ujar Budi.

Bagi Projo , soal tanggal tidak terlalu penting. Pihaknya akan mengikutinya dan tunduk terhadap keputusan konstitusional.

"Jangankan tanggal 20 Oktober 2019. Besok pun jika diperintahkan kami siap," seloroh Budi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Pendaki Terjebak Kebakaran di Gunung Raung Berhasil Turun

Posted: 04 Oct 2019 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - 13 orang pendaki yang terjebak kebakaran lahan di jalur pendakian Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur, akhirnya berhasil turun dari Pos 9 ke Pos 4.

"Pada pagi ini pukul 06.00 WIB, kami mendapatkan laporan dari petugas, 13 orang pendaki termasuk tujuh orang pendaki Warga Negara Asing (WNA) Singapura sudah berhasil turun ke Pos 4 dari sebelumnya mereka bertahan di Pos 9," tutur Kabid Kedaruratan BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, dilansir Antara, Sabtu (5/10/2019).

Ia menuturkan, belasan pendaki yang terjebak kebakaran lahan di Pos 9 jalur pendakian Gunung Raung sejak Jumat 4 Oktober 2019, berhasil turun menembus lahan terbakar yang mulai padam dibantu oleh porter (tim lokal setempat).

Sedangkan dua kelompok petugas SAR gabungan yang juga mengevakuasi telah bertemu dengan 13 orang pendaki di Pos 4.

"Pendaki beserta tim SAR gabungan juga telah bertemu di Pos 4, dan mereka masih istirahat. Dan diperkirakan perjalanan dari Pos 4 ke basecamp Desa Wonorejo, Desa/Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, sekitar tiga hingga empat jam," tutur Eka Muharram.

13 pendaki terjebak kebakaran lahan di jalur pendakian Gunung Raung melalui Kalibaru, Banyuwangi itu, tujuh di antaranya merupakan pendaki asal Singapura.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

13 Pendaki Terjebak Kebakaran Hutan di Gunung Raung

Petugas tengah mengamati sisa kebakaran di sekitar lokasi Gunung Raung. Jawa Timur. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Sebanyak 13 pendaki  dari dalam maupun luar negeri terjebak kebakaran hutan di Gunung Raung jalur Kalibaru Banyuwangi, tepatnya di Koordinat -8.14183, 114.03786, pada Jumat petang, 4 Oktober 2019.

Anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Jember, Rezha Pratama Ensas, menuturkan, berdasarkan informasi dari pengelola basecamp pendakian Gunung Raung jalur Kalibaru Banyuwangi, terjadi bencana kebakaran hutan pada jalur pendakian gunung Raung, tepatnya pada camp 7.

"Ada sebanyak 13 pendaki yang terdiri dari dua porter, dua guide, dua WNI, tujuh WNA Singapore, terjebak di camp 9 tidak bisa turun," ujar dia Jumat malam, 4 Oktober 2019. 

Dia menuturkan, rombongan pendaki dalam posisi mau turun, kondisi mereka sehat (berdasarkan kontak terakhir dengan pihak basecamp). "Kondisi logistik tinggal 1 kali makan," ujar dia. 

Berikut adalah data pendaki yang terjebak kebakaran hutan di Gunung Raung jalur Kalibaru Banyuwangi, yaitu : 

1. Pak Widi, laki - laki, wiraswasta, warga Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. 

2. Sam, laki - laki, wiraswasta, warga Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. 

3. Sinyo Gimbal, laki - laki, wiraswasta, warga Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. 

4. Pak Putri, laki - laki, wiraswasta, warga Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. 

5. Lutfi Sofian (23), laki - laki, mahasiswa, warga Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. 

6. Felisianus Jeremy (35) laki - laki, karyawan swasta, warga Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

7. Ng Hui-Lin (23) perempuan, WNA asal Singapura

8. Kom Jun Wei (25) laki - laki, WNA asal Singapura

9. Shervon Ong (24) perempuan, WNA asal Singapura

10. Teo Yi Xian (24) laki - laki, WNA asal Singapura

11. Pang Jia Hui (25) laki - laki, WNA asal Singapura

12. Beh Ing Tsyr (23) perempuan, WNA asal Singapura

13. Chua Ying Jie (27) laki - laki, WNA asal Singapura

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Gigi Tumbuh Tidak Rata dan Cara Mencegahnya, Jangan Anggap Sepele

Posted: 04 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab gigi tumbuh tidak rata sering dianggap sepele oleh banyak orang. Mereka menganggap gigi tidak rata ini hanya akan berdampak pada penampilan saja. Padahal pertumbuhan gigi yang tidak rata juga dapat menyebabkan gigi sulit untuk berfungsi secara optimal. 

Bahkan, jika pertumbuhan gigi yang tidak rata berada pada tahap yang cukup berat, dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti kesulitan mengunyah makanan, bernapas dengan mulut tanpa menutup bibir, kelainan struktur gigi dan bentuk wajah (asimetris), hingga kesulitan berbicara.

Penyebab gigi tumbuh tidak rata dan cara mencegahnya perlu dipahami untuk menjaga kesehatan gigi. Diperlukan penanganan yang tepat dan cepat dalam mencegah terjadinya gigi tumbuh tidak rata ini, dengan begitu berbagai gangguan pada gigi pun tidak perlu kamu alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/10/2019) tentang penyebab gigi tumbuh tidak rata dan cara mencegahnya

Penyebab Gigi Tumbuh Tidak Rata

Ilustrasi gigi putih bersih. (purewow.com).

Penyebab gigi tumbuh tidak rata bisa dilihat dan terjadi dari sejak kamu masih anak-anak. Berbagai penyebab gigi tumbuh tidak rata bisa dari keturunan, kebiasaan buruk saat anak-anak, adanya cedera, hingga disebabkan penyakit.

Berikut beberapa penyebab gigi tumbuh tidak rata:

- Faktor genetik atau faktor anatomis rahang

- Pemakaian dot bayi terlalu lama saat masih bayi

- Kebiasaan mengisap ibu jari ketika masih anak-anak

- Cedera yang membuat susunan rahang tidak rata.

- Bakal gigi yang terganggu jalan pertumbuhannya atau impaksi, umumnya pada gigi bungsu.

- Tumor yang tumbuh di rahang atau mulut.

- Kondisi rahang atas dan hidung tidak menyatu dengan sempurna atau bibir sumbing

- Tindakan perawatan gigi yang buruk umumnya yang dilakukan bukan oleh dokter gigi atau tenaga medis profesional.

Susuanan dan bentuk gigi pada tiap orang berberda-beda. Hal ini karena sturk gigi dan rahang yang saling memengaruhi. Gigi tidak rata dapat mengubah susunan dan fungsi normal katupan rahang. Kondisi gigi tidak rata yang disertai dengan gangguan katupan rahang sehingga mengubah posisi atau mempersulit fungsinya dikenal sebagai maloklusi.

Maloklusi dapat terjadi pada kondisi struktur barisan gigi atas dan bawah tidak rapi, menumpuk, atau memiliki jarak yang tidak rapat. Susunan gigi pada rahang atas, dalam kondisi normal seharusnya sedikit mendahului barisan di bawahnya sehingga gigi geraham atas dan bawah menutup sempurna.

Cara Mencegah Gigi Tumbuh Tidak Rata

ilustrasi anak/copyright Rawpixel

Mencegah gigi tumbuh tidak rata sebaiknya dilakukan dengan segera. Kondisi gigi tumbuh tidak rata ini umumnya dimulai sejak anak masih kecil. Oleh karana itu, tindakan pencegahn pun ahrus dilakukan semenjak dini.

Karena masalah gigi tumbuh tidka rata ini sudah terjadi saat masih kecil, orang tua wajib memerhatikan hal ini. Jangan sampai gigi anak tumbuh tidak rata hingga beranjak dewasa, yang tentunya akan membuatnya mengalami berbagai masalah dengan gigi hingga kepercayaan diri.

Berikut cara mencegah gigi tumbuh tidak rata:

- Membatasi penggunaan botol susu menggunakan dot

- Menghindari kebiasaan mengisap ibu jari saat masih bayi

- Selalu periksakan anak ke dokter gigi ahli mengenai masalah pada gigi anak

Cara Menangani Gigi Tumbuh Tidak Rata

Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Finals NBA Classic 1996: Seattle Supersonics vs Chicago Bulls Hanya di Vidio

Posted: 04 Oct 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik bagi para pecinta NBA, Pasalnya Vidio kali ini menghadirkan tayangan ulang pertandingan NBA Finals Klasik tahun 1996 antara Seattle Supersonics vs Chicago Bulls.

Final NBA 1996 adalah puncak musim kompetisi National Basketball Association (NBA) musim 1995-1996 yang mempertemukan juara Wilayah Barat, Seattle SuperSonics (rekor menang kalah musim regular 64-18) dengan juara Wilayah Timur, Chicago Bulls (rekor menang kalah musim regular 72-10).

136 kemanangan gabungan tim regular musim ini menghancurkan rekor 125 sebelumnya, pada 1985 antara Los Angels Lakers yang memenangkan 62 pertandingan dan Boston Celtics yang memenangkan 63 pertandingan di musim regular sebelumnya.

Ingin lihat duel seru Seattle Supersonics vs Chicago Bulls pada pertandingan NBA Finals seri klasik, pada tahun 1996 lalu? Yuk, langsung saja saksikan live streaming hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

                                             

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liverpool Vs Leicester City: Jaga Posisi di Papan Atas

Posted: 04 Oct 2019 08:35 PM PDT

Jakarta - Laga sengit bakal tersaji nanti malam saat Liverpool menantang Leicester City di Anfield. Kedua tim butuh tiga angka untuk menjaga posisi di papan atas klasemen Liga Inggris.

Liverpool selalu menang dalam 16 pertandingan terakhirnya di Premier League. Liverpool mengincar 17 kemenangan beruntun, sekaligus untuk meneruskan start sempurna mereka musim ini.

Tapi The Reds tidak akan semudah itu meraih poin absolut, kubu lawan tengah naik daun bersama mantan manajer mereka, Brendan Rodgers, yakni Leicester City

Brendan Rodgers akan kembali ke Anfield, untuk pertama kalinya sejak dipecat Liverpool pada 4 Oktober 2015. Rodgers akan datang bersama Leicester, yang di liga musim ini telah mengumpulkan 14 poin dari tujuh pertandingan, dan sekarang menguntit Liverpool serta Manchester City di tiga besar.

Leicester sedang sangat bersemangat. Di laga terakhirnya, menjamu Newcastle, mereka menang telak lima gol tanpa balas. Sang bomber Jamie Vardy pun telah mengemas lima gol di Premier League musim ini, dalam tujuh penampilannya.

Namun, Liverpool jelas tak kalah bersemangat. Tengah pekan kemarin, pasukan Jurgen Klopp baru saja memenangi partai sengit Liga Champions kontra Red Bull Salzburg di Anfield dengan skor 4-3.

Liverpool sempat memimpin 3-0 melalui gol-gol Sadio Mane, Andrew Robertson, dan Mohamed Salah. Hanya sayang, lini belakang Liverpool yang digalang Virgil van Dijk tampil di bawah standar. Liverpool kebobolan tiga gol balasan. Namun, Salah mampu mencetak gol kedua di laga tersebut untuk memastikan kemenangan timnya.

Melawan Leicester, dengan Vardy yang sudah mencetak tujuh gol Premier League kontra Liverpool, Klopp pasti menuntut barisan belakangnya untuk tampil lebih disiplin dibandingkan laga sebelumnya. Dengan begitu, target mengamankan tiga poin di Anfield, sekaligus meneruskan start sempurna sebelum masuk jeda internasional, bakal bisa diwujudkan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Fakta Menarik

Pemain Liverpool Mohamed Salah (tengah) merayakan golnya ke gawang Red Bull Salzburg bersama Sadio Mane (kanan) dan Roberto Firmino (kiri) pada lanjutan Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (2/10/2019). The Reds menang tipis 4-3 atas Salzburg. (AP Photo/Jon Super)
  • Liverpool memenangi 16 laga terakhirnya di Premier League.
  • Liverpool tak terkalahkan dalam 43 pertandingan kandang terakhirnya di liga.
  • Liverpool selalu mencetak minimal 2 gol dalam 10 laga kandang terakhirnya di Premier League.
  • Liverpool tak terkalahkan dalam 8 laga kandang terakhirnya melawan Leicester di Premier League (M6 S2 K0).
  • Liverpool tanpa clean sheet dalam 8 laga terakhirnya melawan Leicester di semua kompetisi.
  • Leicester selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 dari 5 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Komposisi Pemain dan Statistik

Pemain Leicester City Harvey Barnes (kanan) berebut bola dengan pemain Newcastle United Jetro Willems pada pertandingan Liga Inggris di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Minggu (29/9/2019). Leicester membantai Newcastle 5-0. (AP Photo/Rui Vieira)

Prakiraan Susunan Pemain

  • Liverpool (4-3-3): Adrian; Robertson, van Dijk, Gomez, Alexander-Arnold; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Mane, Firmino, Salah
  • Manajer: Jurgen Klopp
  • Leicester (4-1-4-1): Schmeichel; Chilwell, Soyuncu, Evans, Pereira; Ndidi; Barnes, Tielemans, Praet, Perez; Vardy
  • Manajer: Brendan Rodgers

Head to Head

  • Pertemuan: 26
  • Liverpool menang: 13
  • Gol Liverpool: 38
  • Imbang: 6
  • Leicester menang: 7
  • Gol Leicester: 28

Rekor 5 Pertemuan Terakhir

  • 31-01-2019 Liverpool 1-1 Leicester (EPL)
  • 01-09-2018 Leicester 1-2 Liverpool (EPL)
  • 30-12-2017 Liverpool 2-1 Leicester (EPL)
  • 23-09-2017 Leicester 2-3 Liverpool (EPL)
  • 20-09-2017 Leicester 2-0 Liverpool (Piala Liga)

 

Sumber asli: EPL

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 04/10/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hujan Lebat, Sesi Latihan dan Kualifikasi MotoGP Thailand Ditunda

Posted: 04 Oct 2019 08:35 PM PDT

Pekerja menyapu air hujan ke luar lintasan saat sesi latihan dan kualifikasi kualifikasi MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Pekerja harus bekerja keras untuk mengeluarkan air hujan dari lintasan. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Pekerja menyapu air hujan ke luar lintasan saat sesi latihan dan kualifikasi kualifikasi MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Pekerja harus bekerja keras untuk mengeluarkan air hujan dari lintasan. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Pekerja menyapu air hujan ke luar lintasan saat sesi latihan dan kualifikasi kualifikasi MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Hujan lebat mengakibatkan sesi latihan dan kualifikasi MotoGP Thailand 2019 ditunda. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Pekerja menyapu air hujan ke luar lintasan saat sesi latihan dan kualifikasi kualifikasi MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Hujan lebat mengakibatkan sesi latihan dan kualifikasi MotoGP Thailand 2019 ditunda. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Pekerja menyapu air hujan ke luar lintasan saat sesi latihan dan kualifikasi kualifikasi MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Pekerja harus bekerja keras untuk mengeluarkan air hujan dari lintasan. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Pekerja menyapu air hujan ke luar lintasan saat sesi latihan dan kualifikasi kualifikasi MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Pekerja harus bekerja keras untuk mengeluarkan air hujan dari lintasan. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Mobil keselamatan melakukan inspeksi trek saat sesi latihan dan kualifikasi MotoGP Thailand 2019 ditunda karena hujan deras di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Hujan lebat mengakibatkan sesi latihan dan kualifikasi MotoGP Thailand 2019 ditunda. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Mobil keselamatan melakukan inspeksi trek saat sesi latihan dan kualifikasi MotoGP Thailand 2019 ditunda karena hujan deras di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Hujan lebat mengakibatkan sesi latihan dan kualifikasi MotoGP Thailand 2019 ditunda. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Seorang juru kamera mengenakan jas hujan terus bekerja ketika sesi latihan dan kualifikasi MotoGP Thailand 2019 ditunda karena hujan deras di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Para pembalap harus menuggu hujan reda. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Seorang juru kamera mengenakan jas hujan terus bekerja ketika sesi latihan dan kualifikasi MotoGP Thailand 2019 ditunda karena hujan deras di Sirkuit Internasional Buriram, Sabtu (5/10/2019). Para pembalap harus menuggu hujan reda. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bridgestone ASEAN Amateur Open 2019 di Batam Diramaikan Peserta Dari 7 Negara

Posted: 04 Oct 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Potensi sport tourism terus dimaksimalkan oleh Kota Batam. Salah satunya dengan menggelar turnamen golf Bridgestone ASEAN Amateur Open 2019 di Palm Springs Golf & Country Club, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (4/10).

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak tujuh negara dipastikan ambil bagian, yaitu Singapura, Vietnam, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, hingga Kamboja. Jumlah peserta mencapai 150 orang.

Target dalam acara ini adalah menghadirkan sekitar 250 wisatawan dari kawasan Asia Tenggara. "Popularitas event golf di Batam sedang naik. Trennya sangat positif. Sampai akhir tahun event seperti ini akan terus berlangsung di Batam. Banyaknya event tersebut otomatis memberikan impact positif bagi arus masuk wisman. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang terus mensupport pariwisata Batam," ungkap Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata, Kamis (3/10).

Pergerakan arus masuk peserta asing Bridgestone ASEAN Amateur 2019 semakin optimal. Sebab, peserta menyertakan keluarga dan para koleganya. Rombongan paling besar adalah Singapura dengan total sekitar 70 persen. Kadispar Kepri Boeralimar mengatakan, pergerakan wisman di Batam dan Kepri semakin optimal dengan beragam event yang digelar.

"Penyelenggaraan Bridgestone ASEAN Amateur 2019 harus diapresiasi. Sebab, event ini memberikan pengaruh besar bagi pariwisata di sini. Arus masuk wisman semakin optimal dengan event sebagai daya tariknya. Apalagi, kami banyak punya infrastruktur luar biasa untuk mendukung program sport tourism seperti ini," kata Boeralimar.

Batam juga dilengkapi beragam fasilitas golf terbaik. Sedikitnya ada tujuh lokasi yang populer, seperti Palm Springs Golf & Country Club. Venue ini memiliki 27 hole dengan luas area 274 Hektar. Batam juga memiliki Tering Bay Nongsa dengan 18 hole dan 72 par. Panjang 'lintasannya' mencapai 6.200 Meter.

Venue lainnya adalah Indah Puri Golf Sekupang. Selain green, venue ini dilengkapi fasilitas lengkap. Ada spa village, restaurant, club house, tennis court, fitness and gym center, hingga swimming pool. Total ada 18 hole. Berikutnya ada Tamarin Santana, Southlinks Country Club, Padang Golf Sukajadi, hingga Batam Hills. Batam Hills memiliki 18 hole dengan total panjang 6.000 Meter.

"Bridgestone ASEAN Amateur 2019 sangat menarik. Sebab, daya tarik wismannya itu menjanjikan. Opsi golf tentu sangat ideal bagi Batam dengan beragam infrastuktur pendukungnya. Batam memiliki banyak venue golf dengan standar internasional. Selain fasilitas lengkap, wisatawan bisa menikmati sisi indah alam dan budayanya," terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani. Batam adalah pintu utama bagi wisman bagi Kepri. Sepanjang Januari-Juli 2019, Kota Batam telah dikunjungi oleh 1,086 Juta wisman. Jumlah tersebut naik 4,06 persen dari periode serupa 2019. Donasi besar tersebut membuat Kepri telah dikunjungi sekitar 1,623 orang wisman. Slotnya dalam skala nasional mencapai 17,43 persen atau donatur terbesar ke-2 setelah Bali.

"Sport tourism menguatkan daya tawar Batam sebagai destinasi wisata. Seperti, Bridgestone ASEAN Amateur 2019 ini yang optimal mendatangkan wisman. Lebih unik, peserta membawa serta keluarga. Itu tentu menjadi penegas Batam destinasi ramah bagi keluarga. Silahkan datang dan berlibur di Batam," papar Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Bridgestone ASEAN Amateur 2019 menawarkan program gala dinner pada Jumat (4/10) malam. Ada beragam kuliner nikmat dan khas yang ditawarkan. Sebut saja, Roti Kirai yang menjadi khas Karimun. Roti Kirai terbuat dari tepung terigu, santan kelapa, margarin, garam, hingga pewarna makanan.

"Batam sangat agresif menaikan kunjungan wismannya. Selain menambah destinasi baru, ada beragam event yang digelar di sana. Event golf seperti Bridgestone ASEAN Amateur 2019 ini sangat kompetitif menghadirkan wisman dalam jumlah besar. Fasilitasnya bagus. Pokoknya para golfer dari mancanegara jangan sampai melewatkan event yang digelar Batam," tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Masih Tinjau Setiap Masukan Terkait Perppu KPK

Posted: 04 Oct 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Desakan terhadap Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perppu KPK terus disuarakan. Hal ini muncul setelah publik menolak revisi UU KPK yang disahkan DPR belum lama ini.

Sampai kini belum ada keputusan dari Jokowi apakah akan mengeluarkan Perppu atau tidak. Beberapa waktu lalu, Jokowi menyampaikan tengah mempertimbangkan untuk mengeluarkan Perppu setelah menerima sejumlah tokoh di Istana Negara.

Pakar hukum dari Kantor Staf Kepresidenan Kedeputian V, Ifdhal Kasim menyampaikan saat ini Jokowi belum mengeluarkan konklusi atau keputusan terkait Perppu KPK ini.

Presiden, kata dia, masih meninjau argumen dari setiap tokoh maupun pimpinan parpol koalisi terkait Perppu ini.

"Saat itu presiden mengatakan akan mempertimbangkan seluruh masukan cendekiawan dan budayawan yang hadir saat itu sebagai usaha menambah pemahaman dan masukan apakah perlu keluarkan Perppu," jelas Ifdhal dalam diskusi Populi Center di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).

Setelah bertemu para tokoh dan cendekiawan, presiden kemudian bertemu pimpinan partai koalisi untuk mendengarkan pandangan mereka terkait Perppu ini. Saat itu partai koalisi mendorong presiden tidak mengeluarkan Perppu karena UU baru disahkan.

"Sekarang Presiden sedang meninjau argumen yang ada sehingga beliau apakah akan memutuskan akan keluarkan Perppu. Sampai saat ini belum ada konklusi," terang Ifdhal.

Dari seluruh masukan yang diterima dari para tokoh, Ifdhal mengatakan ada yang benar secara akademik dan juga ada yang salah. Ada juga masukan dengan argumentasi yang cukup kuat.

 

Kewenangan Jokowi

Sidang kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/2/2015) pagi, membahas Pilkada serentak, Perppu perubahan UU tentang kelautan, dan tentang perumahan rakyat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Perppu, lanjutnya, merupakan kewenangan presiden sepenuhnya. Salah satu ketentuan dalam mengeluarkan Perppu adalah ada kegentingan yang memaksa.

Ifdhal menerangkan, ketentuan kegentingan ini diinterpretasikan dari dua keputusan MK. Perppu bisa dikeluarkan saat terjadi kekosongan hukum dan ada hukum tidak begitu baik dan harus diganti.

"Kita (staf presiden) memberikan pendapat dari seluruh masukan yang ada. Apakah kewenangan konstitusional yang dimiliki Presiden digunakan atau tidak dalam situasi kegentingan yang disebut memaksa tadi," jelasnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Aksi Nyeleneh Dosen saat Mengajar di Kelas Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 04 Oct 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang hanya mahasiswa yang sering bertingkah nyeleneh di kampus? Ternyata dosen juga melakukannya. Biasanya dosen selalu bertingkah santun dan tenang, tapi tidak tidak semua dosen demikian. Bisa saja tingkahnya nyeleneh

Dosen lebih sering digambarkan memiliki sikap yang selalu berhubungan dengan ilmu.Terrdengar aneh dan jarang ditemui jika dosen melakukan hal konyol dan nyeleneh. Di dalam kelas pun dosen akan berfokus pada menyampaikan materinya kepada pra mahasiswa. 

Namun ada beberapa dosen punya cara unik dan kocak ketika berada di kelas. Berhadapan dengan mahasiswanya, dosen-dosen ini tak segan melakukan hal nyeleneh mulai dari membawa benda lucu hingga memakai kostum saat mengajar di kelas. 

Penasaran dengan aksi nyeleneh apa saja yang pernah dilakukan dosen tersebut? Berikut ini 5 potret aksi nyeleneh dosen yang dirangkum dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Sabtu (5/10/2019). 

1. Dosen ini pernah berjanji akan pakai kostum Batman, jika seluruh mahasiswanya mendapatkan nilai rata-rata diatas 80. Inilah penampilannya!

Aksi nyeleneh para dosen ketika mengajar, kocak! (Sumber: Boredpanda)

2. Mahasiswa di kelas ini dibuat bingung karena dosennya pakai kostum semak-semak tanpa ada alasannya.

Aksi nyeleneh para dosen ketika mengajar, kocak! (Sumber: Boredpanda)

3. Dosen bidang seni ini ngide banget ikuti penampilan Van Gogh!

Aksi nyeleneh para dosen ketika mengajar, kocak! (Sumber: Boredpanda)

4. Ceritanya dosen ini ingin lakukan eksperimen di depan mahasiswanya, jadilah ia pakai topi penyihir.

Aksi nyeleneh para dosen ketika mengajar, kocak! (Sumber: Boredpanda)

5. Dosen ini tak mau pakai laser, nanti yang duduk dibelakang tak kelihatan. Tapi justru bikin enggak fokus ya?

Aksi nyeleneh para dosen ketika mengajar, kocak! (Sumber: Boredpanda)

6. Ada-ada saja nih tingkah dosen yang cosplay jadi Papa Smurf. Demi Halloween katanya!

Aksi nyeleneh para dosen ketika mengajar, kocak! (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produksi Migas Blok Sakakemang Dipercepat jadi 2021

Posted: 04 Oct 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan, Blok Minyak dan Gas Bumi (Migas) Sakakemang berproduksi pada 2021. Cadangan migas blok tersebut diperkirakan mencapai 2 Triliun Cubic Feet (TCF).

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan‎, produksi migas Blok Sakakemang akan dipercepat, ditargetkan pada 2021 blok migas di Sumatera Selatan tersebut sudah bisa memproduksi migas. Sebelumnya, diperkirakan akan berproduksi dalam 3 tahun ke depan.

"Kita akan percepat supaya produksinya (migas) dalam dua tahun ini. Sampai 2021 bisa mengalir produksi," kata Arcandra, di Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Menurut Arcandra, hal tersebut merupakan hasil dari‎ perkiraan Repsol selaku operator Sakakemang, namun perusahaan asal Spanyol tersebut belum memasukan rencana pengembangan (Plan Of Developemnt /POD) ke pemerintah.

"Perkiraan ya Repsol. Kalau sertifikasi mah cepat, tapi kan sana itu Repsol. POD, belum submit," tuturnya.

Potensi Temuan Cadangan Gas

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Sebelumnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKKMigas) menyatakan Repsol telah menemukan potensi cadangan gas yang besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, tak tanggung-tanggung, cadangan gas yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Spanyol‎ tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

"Ini lokasinya di Banyu Asin. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun gak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan. 2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada disebelahnya yang lebih bagus cadangannya," ‎ujar dia.

Menurut dia, selain potensi gas yang besar, temuan ladang gas ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, setelah 18 tahun akhirnya ditemukan cadangan gas baru dalam jumlah yang besar.

"Ini penting kita sampaikan, karena KBD 2X di Indonesia, potensi tersebut setelah 18 tahun. Ini adalah penemuan yang signifikan. Setelah dua dekade. Ini perlu kita syukuri, ini semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang. Di 2018-2019 ini adalah penemuan terbesar nomer 4 di dunia," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batik Music Festival 2019 Wajibkan Artis yang Manggung Mengenakan Batik

Posted: 04 Oct 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Batik Music Festival 2019 siap digelar pada Sabtu (5/9/2019) malam di komplek Candi Prambanan. Acara ini melibatkan ribuan penonton dari seluruh Indonesia maupun negara lainnya. Deretan musisi dunia dan Indonesia pun siap ditampilkan, sebut saja David Foster, Yovie Widianto, hingga Raisa.

CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi, membeberkan konsep panggung Batik Music Festival 2019. Anas juga mengungkapkan bahwa acara ini tak hanya mewajibkan ribuan penonton untuk mengenakan baju batik, namun juga panitia dan seluruh artisnya.

"Untuk Batik Music Festival besok kami membagi menjadi dua area panggung, yaitu panggung Festival Show yang akan menampilkan artis-artis nasional, sementara untuk internasional artist sendiri akan ditampilkan di panggung Special Show," ujar founder Batik Music Festival 2019 itu melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (4/10/2019).

"Yang menariknya lagi, seluruh pihak yang terlibat besok di dalam festival ini wajib menggunakan batik. Mulai dari artis, panitia dan penonton wajib menggunakan batik, karena ini adalah momen sangat besar untuk merayakan batik," lanjut Anas.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

 

Batik Buatan Pengrajin Yogyakarta

(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Disampaikan juga oleh Anas bahwa deretan artis-artis pengisi konser ini, baik internasional maupun nasional, juga diwajibkan mengenakan batik yang dibuat oleh para pengrajin batik dari Yogyakarta.

Batik Music Festival 2019 digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Rajawali Indonesia bersama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, menggelar konser ini dengan taraf internasional.

Artis dunia yang siap tampil adalah David Foster, Kenny "Babyface" Edmonds, Katharine McPhee, Pia Toscano, Yuna dan Nick Zavior. Nantinya, mereka akan berkolaborasi bersama dalam satu panggung.

Tentunya, musisi Indonesia sudah ada dalam daftar penampil Batik Music Festival 2019. Mereka adalah Yovie Widianto, Kahitna, BCL, Raisa, Marcell, Rio Febrian, 5 Romeo dan Arsy Widianto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genoa Vs AC Milan, Giampaolo Masih Beri Kepercayaan untuk Piatek

Posted: 04 Oct 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan- Pelatih AC Milan, Marco Giampaolo ogah untuk membangkucadangkan Krzysztof Piatek saat tandang ke markas Genoa, Minggu (6/10/2019) dini hari nanti. Giampaolo seakan ingin memaksakan agar striker asal Polandia itu cetak gol.

Sejak pekan pertama serie A, AC Milan selalu menjadikan Piatek sebagai starter. Dia pun sudah menyumbang dua gol, tapi gagal total di laga melawan Fiorentina.

Giampaolo memastikan Piatek akan tetap dimainkan AC Milan. Dia mengatakan, striker Polandia itu masih yang paling tajam di tim.

"Dalam hal penguasaan bola, kami hanya kalah dari Napoli dan berada di posisi kedua," ujarnya seperti dikutip Football Italia.

"Kami hebat dalam hal menguasai lapangan. Tapi kami kurang mengancam di dua pertiga terakhir lapangan. Kami harus mematangkan itu."

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

 

Lebih Mengancam

Striker AC Milan Krzysztof Piatek sukses mengeksekusi penalti ke gawang Torino pada laga Serie A di Stadio Olimpico Grande, Kamis (26/9/2019) atau Jumat dini hari WIB. (Twitter AC Milan)

Giampaolo menginginkan pasukannya lebih mengancam saat ada di pertahanan lawan. Ini yang belum dilihatnya sejauh ini.

"Milan tak boleh menyerah menanti gol dari striker tertajam mereka. Kalau Piatek tidak cetak gol, siapa lagi? Giampaolo? " ujarnya, seakan menyindir.

"Saya tak bisa menyimpan di satu, dua atau tiga laga dalam semusim. Anda juga tak boleh menyerah dengan striker paling tajam Anda."

AC Milan saat ini terpuruk di klasemen papan bawah serie A berkat empat kekalahan yang sudah dituai. Lawan Genoa, AC Milan harus dapatkan hasil positif.

 

Seperti Final

Giampaolo pun merasa pemainnya harus memperlakukan setiap laga seperti final. Pemain disebutnya harus ambil tanggung jawab.

"Saat ini, kami harus tingkatkan fokus dan mainkan bola seperti ini kali terakhir. Bahkan sebuah lemparan bebas bisa membuat perbedaan," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Live Streaming Road To IEL University Super Series 2019

Posted: 04 Oct 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, industri eSports di Tanah Air sangat menjajikan. Pasalnya Indonesia sendiri menjadi salah satu pasar video game terbesar di Asia Pasifik. Pecinta eSports di Indonesia akan mendapat suguhan menarik, yaitu terkait peluncuran event bergengsi, IEL University Super Series 2019.

Semarang akan menjadi kota pertama di Road to IEL University Super Series 2019. Liga eSports ini bakal mempertandingkan dua gim, yakni Free Fire Compeition dan Dota 2.

Pada ajang sebelumnya Universitas Bina Nusantara mampu meraih gelar juara umum setelah berjaya pada nomor Dota 2 dan MLBB. Posisi runner-up di tempati Universitas Multimedia Nusantara.

Patut ditunggu kejutan apa yang diberikan IEL University Super Series 2019. Saksikan Live Streaming ROAD TO IEL SEMARANG pada, Sabtu 5 Oktober 2019 pukul 13.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Serukan HUT ke-74 TNI di Twitter

Posted: 04 Oct 2019 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan HUT ke-74 TNI digelar pada hari ini di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta TImur, pada pagi hari ini, Sabtu (5/10/2019). Ucapan selamat untuk HUT TNI pun disampaikan oleh banyak pihak, termasuk di ranah maya.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (5/10/2019), Diragahayu TNI dan #HUT74TNI menjadi topik terpopuler di Twitter. Saat artikel ini ditulis, keduanya menempati peringkat pertama dan kedua di Indonesia trends.

Berikut beberapa ucapan dari warganet dalam rangka HUT ke-74 TNI:

"Ketika tiga kekuatan berpadu, tiada angkara yang mampu mengadu. Kesatria ada dalam setiap jiwa serdadu, meskipun terkadang diliputi rindu. Selamat #HUT74TNI kepada seluruh prajurit TNI yang saya cintai & banggakan, di manapun bertugas. TNI Profesional, Kebanggaan Rakyat," tulis Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, melalui akun Twitter miliknya.

"Dirgahayu TNI ke-74. Sukses selalu dalam menjaga keutuhan NKRI. Selamat Hari TNI untuk my Father #DirgahayuTNI," tulis @syanattt_.

"Dirgahayu TNI ke-74. Jaya di darat, laut dan udara bersama rakyat, TNI kuat. Tentara Akan Timbul dan Tenggelam Bersama Rakyat dan Negara (Jendral Soedirman) #DirgahayuTNI#DirgahayuTNI74," kicau @DikyBulbul.

"Keluarga Besar kaum Rebahan, mengucapkan: "DIRGAHAYU TNI KE 74" #DirgahayuTNI74," tulis akun @WeekendSantuy.

"Selamat #HUT74TNI Panglima, semoga TNI selalu jaya di darat, laut, udara, dan hadir terdepan melindungi rakyat," twit dari @muannas_alaidid.

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pasukan pada Upacara Peringatan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten, Kamis (5/10). Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan itu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden RI Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (5/10/2019). Presiden bertindak selaku inspektur Upacara.

Jokowi didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Bertindak selaku Komadan Upacara adalah Aspos Dankormar Kolonel Mar Y Rudy Sulistyanto. Upacara ini diikuti oleh 6.806 personel gabungan dari masing-masing kesatuan.

Sementara itu, di kursi tamu tampak Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, juga turut hadir.

Para menteri Kabinet Kerja juga turut menghadiri upacara peringatan HUT TNI ini, termasuk Menko Polhukam Wiranto, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menpan RB Sagrudin, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri KKP Susi Pujiastuti.

Kemudian juga tampak hadir Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekjen PDIP Kristianto. Ketua DPD RI, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Para tamu undangan berdatangan sejak pukul 06.00 WIB.

 

Jokowi: Selamat HUT ke-74 TNI

Presiden Jokowi Akan Hadiri Perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma (Merdeka/Ronald)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan HUT ke-74 TNI. Acara tersebut berlangsung di Halim Perdakusuma, Jakarta.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan beragam prestasi yang ditorehkan TNI dalam membangun negeri. Ia juga mengucapkan selamat atas hari jadi TNI.

"Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI," ujar Jokowi di Halim, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Dia menambahkan, bangsa Indonesia menyampaikan penghargaan khusus kepada para prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas demi tegaknya kedaulatan VKRI.

"Rakyat Indonesia selalu bangga kepada saudara-saudara semua, kepada TNI, yang selalu berada di baris terdepan dalam menjaga NKRI, yang tidak kenal menyerah dalam menjaga kepentingan nasional, serta yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan," ujar Jokowi.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran TNI, yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah yang terdampak bencana termasuk kebakaran hutan. TNI yang selalu aktif menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu serentak tahun 2019.

"TNI yang selalu membanggakan dalam penugasan PBB di berbagai penjuru dunia. TNI yang selalu memastikan negara hadir di daerah terpencil, di daerah perbatasan dan di pulau-pulau terdepan Indonesia. TNI yang selalu manunggal dengan rakyat," ujar dia.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Kewaspadaan Arus Global, Bamsoet: TNI dan Rakyat Harus Bersatu

Posted: 04 Oct 2019 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dapat tergilas dalam kompetisi global yang tak mengenal waktu, jika tidak siap dan waspada pada pengaruh besar negara lain. Hal itu dikatakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. 

"Berbaurnya ancaman militer dan nonmiliter mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi dan diantisipasi. Sebab itu TNI harus berbenah diri dan berubah menjadi lebih baik menuju TNI profesional untuk menjaga Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Bamsoet dalam acara HUT TNI ke-74 di Jakarta, Sabtu (5/10).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menuturkan saat ini dunia tidak semata sedang berubah, tetapi sedang terdisrupsi. Di era disrupsi ini kemapanan bisa runtuh dan ketidakmungkinan bisa terjadi. Sehingga, arus komunikasi dan interaksi yang semakin mudah dan terbuka harus dimanfaatkan dan sekaligus diwaspadai.

"Kita tidak boleh takut terhadap keterbukaan. Tetapi, pada saat yang sama kita harus meningkatkan kewaspadaan. Kemudahan arus komunikasi dan interaksi bisa menjadi ancaman terhadap ideologi Pancasila, ancaman terhadap tradisi dan seni budaya kita, serta ancaman terhadap warisan kearifan-kearifan lokal bangsa," kata Bamsoet.

Lebih jauh, Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini mengingatkan masih adanya gerakan radikalisme, terorisme serta intoleransi yang mengancam Pancasila dan keberadaan NKRI. Sejak Indonesia merdeka, ideologi Pancasila dan NKRI selalu mendapat rongrongan baik dari dalam maupun dari luar.

"Indonesia masih mendapat ancaman serius berupa gerakan radikalisme, terorisme dan intoleransi. Kita harus waspada terhadap kegiatan yang berupaya meruntuhkan Pancasila sebagai ideologi negara dan mengganggu keberadaan NKRI. TNI dan seluruh rakyat Indonesia harus bersatu padu menjadi benteng kedaulatan bangsa," tegas Bamsoet.

Oleh karena itu, Ketua MPR RI periode 2019-2024 ini mengajak semua elemen bangsa terutama generasi muda mengamalkan nilai luhur Pancasila dan semangat gotong royong demi tegaknya NKRI.

Tidak boleh ada satu pihak pun yang mengganggu Empat Pilar MPR RI, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Sudah tidak ada pilihan lagi selain memperkuat benteng ideologi Pancasila. Implementasi dari nilai-nilai Empat Pilar MPR RI terbukti mampu mereduksi potensi-potensi pemecah persatuan yang diakibatkan radikalisme, terorisme, inteloransi, serta sikap individualisme yang membahayakan bagi keutuhan NKRI," jelas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Kalteng Putra Vs Barito Putera: Misi Jauhi Zona Degradasi

Posted: 04 Oct 2019 08:10 PM PDT

Jakarta - Derbi Kalimantan akan tersaji hari ini saat Kalteng Putra menantang Barito Putera di Stadion Tuah Pahoe. Kedua tim butuh kemenangan untuk menjauhi zona degradasi di Shopee Liga 1 2019.

Laga melawan Barito Putera menjadi penampilan kandang ke-10 buat Kalteng Putra. Namun, realitanya adalah menjadi yang kelima karena pada empat laga kandang awal Kalteng Putra bermain di luar Kalimantan.

Kalteng Putra secara realita belum terkalahkan dalam lima laga kandang yang digelar di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya. Pasukan Gomes de Oliveira meraih tiga kali kemenangan dan dua kali imbang.

Bermain di depan pendukungnya, Kalteng Putra tentu mendapatkan motivasi tambahan. Apalagi klub berjuluk Laskar Isen Mulang berniat kembali ke jalur kemenangan karena belum lagi meraih tiga poin dalam lima laga terakhir di Shopee Liga 1 2019.

Akibatnya, Kalteng Putra tercecer di peringkat ke-16 dengan raihan 19 poin. Tiga poin menjadi raihan krusial buat Kalteng Putra untuk bisa meninggalkan zona degradasi.

Kalteng Putra diyakini masih akan mengandalkan skema 4-3-3 dengan trisula Yohanes Pahabol, Patrich Wanggai, Eydison di lini depan. Namun, Kalteng Putra tak akan diperkuar I Gede Sukadana yang pada laga terakhir mendapatkan kartu merah.

Meski demikian, perjuangan Kalteng Putra meraih tiga poin diprediksi tak akan mudah. Apalagi Barito Putera sedang dalam kepercayaan diri tinggi karena mampu meraih kemenangan 1-0 atas Persebaya Surabaya pada laga terakhir.

Soal kebutuhan, Barito Putera juga membutuhkan poin penuh untuk bisa meninggalkan zona merah. Saat ini, Laskar Antasari berada di peringkat ke-17 Shopee Liga 1 dengan raihan 19 poin. Jadi, Barito Putera juga akan kerja keras untuk bisa mencuri poin dari markas Kalteng Putra.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Data dan Fakta

Prakiraan susunan pemain

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (kiper), Rafael Bonfim, Wasyiat Hasbullah, Kevin Gomes, OK John (belakang), Takuya Matsunaga, Rizky Dwi Febrianto, Pandi Lestaluhu (tengah), Yohanes Pahabol, Patrich Wanggai, Eydison (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira (Brasil)

Barito Putera (3-4-3): Muhammad Riyandi (kiper), Cassio, Dandi Maulana, Roni Beroperay (belakang), Ady Setiawan, Raffi Syarahil, Gavin Kwan, Kosuke Uchida (tengah), Rizky Pora, Rafael Silva, Francisco Wagsley (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman (Indonesia)

Head to head

  • 22/6/2019 - Barito Putera 1-2 Kalteng Putra (Liga 1 2019)
  • 17/1/2018 - Barito Putera 1-1 Kalteng Putra (Piala Presiden 2018)

Lima pertandingan terakhir Kalteng Putra

  • 29/9/2019 - Bali United 2-1 Kalteng Putra (Liga 1 2019)
  • 24/9/2019 - Kalteng Putra 0-0 PSIS Semarang (Liga 1 2019)
  • 19/9/2019 - Perseru Badak Lampung 2-1 Kalteng Putra (Liga 1 2019)
  • 13/9/2019 - Kalteng Putra 1-1Persebaya Surabaya (Liga 1 2019)
  • 1/9/2019 - Madura United 2-1 Kalteng Putra (Liga 1 2019)

Lima pertandingan terakhir Barito Putera

  • 28/9/2019 - Barito Putera 1-0 Persebaya Surabaya (Liga 1 2019)
  • 23/9/2019 - Persija Jakarta 1-0 Barito Putera (Liga 1 2019)
  • 18/9/2019 - Barito Putera 1-4 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 14/9/2019 - Madura United 2-2 Barito Putera (Liga 1 2019)
  • 1/9/2019 - Semen Padang 2-3 Barito Putera (Liga 1 2019)

Prediksi Bola.com

Kalteng Putra 50-50 Barito Putera

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus H, Editor Wiwig, published 5/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

michelle mengatakan...

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217