Minggu, 06 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Fakta Bearded Vulture, Burung Bangkai Pemakan Tulang Terbesar di Dunia

Posted: 06 Oct 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya jenis burung di dunia ini dan memiliki keunikan masing-masing. Dari jenis burung pemakan serangga, burung pemakan buah dan bahkan ada juga jenis burung pemakan bangkai. Jika mendengar burung bangkai pasti yang terlintas pasti hal-hal tentang kematian.

Jenis burung bangkai pada umumnya banyak dijumpai di dataran amerika dan afrika. Banyak orang mengira predator ini adalah hewan pemangsa. Tak sedikit juga orang-orang yang takut saat bertemu burung ini. Padahal burung bangkai bukan burung pemangsa.

Burung bangkai hanya menyukai makanan berupa bangkai saja. Burung bangkai tidak suka jenis hewan yang masih keadaan hidup. Mereka akan menunggu hewan yang telah mati tersebut menjadi bangkai, setelah itu mereka akan memakannya.

Apa kamu tahu kalau ada burung bangkai yang tak hanya memakan bangkai tapi juga tulangnya? Burung bangkai ini bernama Bearded Vulture. Bearded Vulture merupakan burung bangkai pemakan tulang terbesar di dunia. Burung ini memiliki ukuran rentang sayap mencapai tiga meter.

Selain menjadi burung bangkai terbesar di dunia, Bearded Vulture juga satu-satunya hewan pemakan tulang terbanyak. Berikut 5 fakta menarik Bearded Vulture yang Liputan6.com lansir dari Mental Floss, Senin (7/10/2019).

1. Burung Bangkai Terbesar di Dunia

Bearded Vulture (sumber: pixabay)

Bearded Vulture atau yang dikenal juga dengan nama Lammergeyer ini merupakan seekor predator tangguh dari kelompok burung. Burung ini bisa tumbuh tinggi mencapai 1,2 meter dan berbobot antara 5-8 kilogram.

Rentang sayap mereka mencapai 3 meter. Karena ukurannya ini, Bearded Vulture disebut sebagai salah satu burung bangkai terbesar di dunia.

2. Umur Mencapai 45 Tahun

Bearded Vulture (sumber: pixabay)

Burung besar ini diketahui dapat hidup hingga berumur 45 tahun. Tapi umur ini hanya berlaku untuk Bearded Vulture yang berada di penangkaran. Jika Bearded Vulture di alam liat, mereka memiliki rantan umur rata-rata 21 tahun.

3. Hewan Pemakan Tulang

Bearded Vulture (sumber: pixabay)

Bearded vulture merupakan satu-satunya hewan yang paling banyak memakan tulang. Asam lambung mereka memiliki derajat keasaman yang mampu membuat tulang-tulang tercerna hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Mereka juga punya kebiasaan menjatuhkan tulang berukuran besar dari ketinggian 100 meter untuk menghancurkannya agar mudah dimakan dan diambil sumsumnya.

4. Sempat Punah

Bearded Vulture (sumber: pixabay)

Pada tahun 1990-an, Bearded Vulture pernah punah di beberapa wilayah Eropa Utara akibat perburuan. Burung pemakan bangkai ini sempat diburu karena dirumorkan menculik bayi-bayi di Eropa Utara untuk dijadikan santapan.

Kini burung ini masih bisa ditemukan di kawasan, Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa. Populasi mereka di alam liar kurang lebih 6.700 ekor. Mereka terus kehilangan habitat asli akibat perluasan lahan demi kepentingan manusia.

5. Warna Menyimbolkan Kekuasaan

Bearded Vulture (sumber: mentalfloss)

Banyak peneliti mengungkapkan bahwa warna jingga kemerahan pada bulu Bearded Vulture menyimbolkan status kekuasaan. Semakin mencolok warna bulunya mengindikasikan kalau burung tersebut memiliki wilayah kekuasaan paling luas dan paling tahu keadaan sekelilingnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Yuni Shara, Elek Yo Band Ingin Kolaborasi Dengan Kotak

Posted: 06 Oct 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Elek Yo Band, yang dimotori sejumlah menteri Kabinet Kerja era pemerintahan Presiden Jokowi tampil di acara Temu Kangen Kagama (Keluarga Universitas Gadjah Mada) DKI Jakarta 2019.

Acara temu kangen digelar di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2019). Ketua panitia Temu Kangen Kagama DKI Jakarta 2019, Puthut Yulianto, menyebut temu kangen kali ini mengusung tema "Sing Penting Guyub Rukun."

Pemain bas Elek Yo Band, Budi Karya Sumadi, bangga band-nya tampil di acara ini. Elek Yo Band  membawakan 4 lagu. Budi Karya Sumadi menjelaskan Elek Yo Band proyek yang terjadi secara alami.

"Tapi bagi saya benar bahwa ini relaksasi. Bayangkan saya keliling 6 bandara dalam 3 hari. Kalau tidak bisa santai menyanyi, saya bisa stres. Band ini tidak ada di program (kerja), relaksasi secara pribadi ya," urainya.

 

 

 

Rekaman Lagu

Elek Yo Band, yang dimotori sejumlah menteri Kabinet Kerja era pemerintahan Presiden Jokowi

Ditemui Showbiz Liputan6.com sebelum manggung, Budi Karya Sumadi mengakui bermusik dengan sesama menteri momen yang jarang terjadi. "Dengan santai atau relaksasi sejenak, muncul ide-ide segar," imbuh Menteri Perhubungan Kabinet Kerja ini. 

Elek Yo Band pernah kolaborasi dengan beberapa penyanyi. Oktober 2018, Elek Yo Band menggandeng Yuni Shara untuk manggung sembari menggalang dana bagi korban gempa di Sulawesi Tengah.

Di Temu Kangen Kagama DKI Jakarta 2019, Elek Yo Band menggandeng sejumlah seniman dari Sorong, Papua. Budi Karya Sumadi membuka peluang bagi Elek Yo Band untuk merekam single baru. Personel Elek Yo Band lainnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, konon tengah menulis lagu untuk direkam dalam waktu dekat.

 

 

Featuring Kotak

Elek Yo Band (Bambang E. Ros/bintang.com)

"Saya lagi meminta Bu Ani (Sri Mulyani) menulis lagu. Setelah itu, baru memikirkan rekaman dengan konsep featuring entah dengan Kotak atau rocker lainnya. Kalau rocker, kan membawa semangat baru dan lebih mudah menjangkau anak muda," Budi Karya membocorkan.

Meski begitu, Budi Karya menyebut genre musik Elek Yo Band bukan rok atau alternatif. "Kadang keroncong kadang musik lain, genrenya gado-gado dulu," ujar Budi Karya Sumadi seraya mengingatkan peran para alumni UGM dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Indonesia bangsa yang banyak dan memiliki wilayah luas. Yang berpendidikan S-1 belum banyak. Yang punya kesadaran tentang kebangsaan juga belum banyak. Karenanya Budi Karya Sumadi mengajak para alumni UGM menjadi contoh yang baik. "Minimal, kita jadi contoh yang baik dan bukan mempersulit masyarakat. Jika sudah bisa dicontoh, lumayan. Lebih baik lagi jika menggerakkan kelompok agar lebih produktif membangun masyarakat. Jangan terjebak pada gaya hidup konsumerisme karena anak-anak muda akan melihat kita," imbaunya. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi Tenggelamkan 21 Kapal Pencuri Ikan di Kalimantan Barat

Posted: 06 Oct 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115) mendukung upaya Kejaksaan Agung dalam melaksanakan eksekusi putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) atas kapal-kapal ikan asing (KIA) pelaku illegal fishing. Kali ini, sebanyak 18 Kapal Perikanan Asing (KIA) ilegal yang terdiri dari 16 kapal berbendera Vietnam dan 2 kapal berbendera Malaysia dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Penenggelaman dipimpin langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti selaku Komandan Satgas 115 di Perairan Pulau Datuk, Mempawah, Kalimantan Barat, pada Minggu kemarin.

Sebelumnya, pada tanggal 4 Oktober 2019, sebanyak 3 kapal telah dimusnahkan di Sambas dengan cara dihancurkan dan mesinnya ditenggelamkan. Hal ini karena ketiga kapal asing berbendera Vietnam tersebut sudah rusak, sehingga tidak memungkinkan untuk ditenggelamkan.

Pemusnahan 21 kapal ini merupakan rangkaian dari rencana pemusnahan 42 kapal ikan ilegal yang dinyatakan telah berkekuatan hukum tetap dari lembaga peradilan. Adapun kapal lainnya rencananya akan di musnahkan secara serentak pada tanggal 7 Oktober 2019 yakni Belawan 6 kapal, Batam 6 kapal, dan Natuna 7 kapal.

Dengan dimusnahkannya 21 kapal ini, maka jumlah kapal barang bukti tindak pidana perikanan yang sudah dimusnahkan sejak bulan Oktober 2014 sampai dengan saat ini bertambah menjadi 556 kapal.

Jumlah tersebut terdiri dari 321 kapal berbendera Vietnam, 91 kapal Filipina, 87 kapal Malaysia, 24 kapal Thailand, Papua Nugini 2 kapal, RRT 3 kapal, Nigeria 1 kapal, Belize 1 kapal, dan Indonesia 26 kapal.

Menteri Susi Pudjiastuti selaku Komandan Satgas 115, menyatakan bahwa pemusnahan barang bukti kapal pelaku illegal fishing dilakukan tidak hanya dalam rangka melaksanakan amanah undang-undang perikanan, tetapi juga mengamankan visi misi Presiden Jokowi untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa, serta memastikan kesejahteraan masyarakat, agar dapat mencukupi kebutuhan ekonominya dari hasil laut.

Ia juga menjelaskan, pemusnahan kapal dengan cara ditenggelamkan merupakan hal rutin yang dilakukan Satgas 115. Namun dalam prakteknya, untuk menghemat waktu dan efisiensi anggaran maka hanya dilakukan hampir satu atau dua kali dalam setahun.

"Bukan berarti para pelaku illegal fishing ini tidak dihukum, kita kumpulkan hingga akhirnya inchract-nya cukup banyak dan kita lakukan penenggelaman", ungkap Susi dikutip dari keterangan tertulis, Senin (7/10/2019). 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Menjaga Pasokan

Menteri KKP Susi Pudjiastuti menenggelamkan 18 Kapal Perikanan Asing (KIA) ilegal di Perairan Pulau Datuk, Mempawah, Kalimantan Barat, Minggu (6/10). Pada tanggal 4 Oktober 2019, sebanyak 3 kapal juga telah dimusnahkan di Sambas. (Foto: KKP)

Susi menegaskan, kedaulatan sangat penting dalam memulai program pembangunan, dan rencana program-program pemerintah untuk masyarakat kelautan dan perikanan.

"Kita akan buat program pembangunan masyarakat kelautan dan perikanan, nelayan yang mau dikasih kapal, perahu, jaring jika ikannya tidak ada ya untuk apa", tuturnya.

Pasalnya menurut Susi, sejak dibukanya izin kapal asing pada tahun 2001, lebih dari 10.000 kapal asing melaut di Indonesia.

"Begitu banyaknya kapal-kapal besar dengan alat tangkap yang merusak, ya habislah sumber daya laut kita. Stok ikan kita turun ke titik yang sangat rendah", ungkapnya.

Susi menambahkan, keberhasilan dari program mempertahankan kedaulatan sumber daya alam yang telah dilakukan ditunjukkan dengan meningkatnya stok ikan.

"Lima tahun terakhir ekspor kita juga naik. NTN (Nilai Tukar Nelayan), NTUP (Nilai Tukar Usaha Perikanan) juga naik 20 persen", ujarnya.

 

Kepastian Hukum

Menteri KKP Susi Pudjiastuti menenggelamkan 18 Kapal Perikanan Asing (KIA) ilegal di Perairan Pulau Datuk, Mempawah, Kalimantan Barat, Minggu (6/10). Pada tanggal 4 Oktober 2019, sebanyak 3 kapal juga telah dimusnahkan di Sambas. (Foto: KKP)

Selain untuk memberikan deterrent effect, tindakan penenggelaman ini juga dilakukan untuk memberikan kepastian hukum di Indonesia sebagai negara yang berdaulat. Menurutnya, tidak ada opsi lain untuk pelanggar kedaulatan wilayah negara dan tindak pidana pencurian ikan selain dengan cara dimusnahkan.

"Sudah saatnya kita sebagai negara mengamankan dan memastikan sumber daya alam ini ada, terus ada dan banyak, untuk kita dan anak cucu kita", imbuhnya.

Susi juga menegaskan bahwa kepastian hukum yang benar, tegas, tidak ada kompromi adalah satu benteng pertahanan negara yang luar biasa.

Ia pun berpesan agar terus mempertahankan komitmen untuk menjaga kedaulatan, dan mempertahankan keberlanjutan sumber daya ikan, karena memiliki potensi nilai melebihi migas, dan tambang.

"Ikan akan terus ada selama kita menjaganya", tandasnya.

Beri Manfaat Ekonomi

Menteri KKP Susi Pudjiastuti menenggelamkan 18 Kapal Perikanan Asing (KIA) ilegal di Perairan Pulau Datuk, Mempawah, Kalimantan Barat, Minggu (6/10). Pada tanggal 4 Oktober 2019, sebanyak 3 kapal juga telah dimusnahkan di Sambas. (Foto: KKP)

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Pontianak Agus Sahat mengatakan, tindak pidana perikanan menjadi isu global yang dihadapi negara-negara di dunia.

Tindak pidana ini tidak hanya berdampak pada kerusakan ekosistem dan sumber daya perikanan di laut, tetapi juga menyangkut kedaulatan negara.

"Penenggelaman kapal asing dapat menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi kedaulatan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat", tutupnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Dosen Iseng ke Mahasiswa Ini Bikin Geregetan

Posted: 06 Oct 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang dosen, tentu yang terpikirkan pertama kali adalah sosok cerdas dan bijak. Namun, tak hanya cerdas dan bijak, nyatanya dosen juga bisa iseng ke mahasiswa. Aksi kocak dosen iseng ke mahasiswa ini biasa dilakukan melalui chat.

Akun Instagram @receh.id mengunggah beberapa chat dosen ke mahasiswa pada Minggu (6/10/2019). Tak disangka, postingan tersebut viral di Instagram. Hingga sekarang, foto chat dosen ke mahasiswa sudah mendapatkan 19 ribu like dan 154 komentar.

"Mahasiswa said: "Yuk pak kita baku hantam ga pake lama" tulis akun @_prakosowahyu_.

"Untung dosbing gue ga gitu. Dibrondong pertanyaan di grup gabales.eh Malah bikin story" tulis akun @gita.gy.

Penasaran kan bagaimana chat dosen iseng yang bikin geregetan? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, chat iseng dosen ke mahasiswa, Senin (7/10/2019).

1. Makanya kalau chat jangan pas malam hari.

6 Chat Dosen Iseng ke Mahasiswa Ini Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)

2. Ingat pak, bohong itu dosa.

6 Chat Dosen Iseng ke Mahasiswa Ini Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)

3. Kasihan banget, dianaktirikan oleh dosen.

6 Chat Dosen Iseng ke Mahasiswa Ini Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)

4. Dosen yang bikin grup, dosen juga yang left. Maksudnya apa sih pak?

6 Chat Dosen Iseng ke Mahasiswa Ini Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)

5. Ketika dosen tiba-tiba chat tanya keadaan, waspadalah dengan tugas besar menanti.

6 Chat Dosen Iseng ke Mahasiswa Ini Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/devitamps)

6. Ya enggak salah sih ibunya.

6 Chat Dosen Iseng ke Mahasiswa Ini Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/CLSDGotLoves)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

19 Rider Indonesia Sukses Hadapi Pegunungan Himalaya

Posted: 06 Oct 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Himalaya - 19 rider asal Indonesia hanya butuh 10 hari saja untuk menaklukkan pegunungan Himalaya, India. Petualangan ini merupakan rangkaian acara Marquee Global Ride dari Royal Enfield bertajuk Moto Himalaya 2019.

Tidak mudah bagi mereka melakukan touring di trek yang tak ramah itu. Para pengendara ditantang berbagai macam rintangan. Rute yang dilalui pun berbagai macam, mulai dari aspal, bebatuan hingga menyeberangi sungai yang dinginnya menusuk tulang. Bagian terberatnya, melawan cuaca, yang setiap saat bisa berubah. Belum lagi oksigen yang sangat tipis di dataran tinggi. Karena alasan itulah para rider dari Indonesia patut diapresiasi.

Kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 60 tahun silam. Banyak rider dari berbagai belahan dunia mencoba petualangan ini. Bagi Royal Enfield, pengalaman berkendara di pegunungan Himalaya termasuk destinasi wajib. Ribuan kilometer dengan pemandangan indah tersedia di Himalaya. Namun di balik indahnya alam yang masih alami, ada risiko yang sangat berbahaya.

"Perjalanan yang dimulai dari Leh menuju Khardungla dan Tso Kar di kawasan perbatasan India, Pakistan, dan Tiongkok, sangat membahayakan. Namun keberanian para rider Indonesia dalam mengatasi kejamnya cuaca di sana patut diapresiasi. Kami terus mengadakan kegiatan sejenis untuk memberikan pengalaman baru bagi para pecinta roda dua, terutama mereka yang suka berpetualang di tempat yang jauh dari keramaian," kata Business Head Royal Enfield Asia Pasifik, Vimal Sumbly.

Dicky Winata, salah satu rider yang ikut berpartisipasi di Moto Himalaya 2019 mengatakan, touring di kawasan pegunungan Himalaya salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Saat melakukan touring jarak jauh menggunakan sepeda motor, dirinya merasa bebas dan menyatu dengan tunggangannya.

"Perjalanan yang sangat berkesan. Tidak semua orang dapat kesempatan serupa. Pastinya itu pengalaman sekali seumur hidup. Touring yang sudah remote area itu biasa, tapi di sini, saya dan kawan-kawan lain bisa mengasah kemampuan serta menguji sejauh mana fisik kita bisa bertahan. Itulah yang menurut saya tak ternilai," kata Dicky di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis (3/10).

 

 

Menggunakan Royal Enfield Himalayan

Selama menempuh perjalanan sulit dan membahayakan itu, semua rider berkendara menggunakan Royal Enfield Himalayan. Motor blasteran Inggris-India itu, terbukti kuat dan serbaguna. Ia mampu melintasi medan on-road maupun off-road; dari kota, hutan hingga dataran pegunungan. Selain itu, Himalayan juga memberikan kenyamanan. Itu karena didukung dengan mesin yang terbukti kokoh, jok tebal dan suspensi panjang.

Untuk informasi, seluruh perlengkapan yang berkaitan dengan kegiatan, seperti cadangan bensin dan makanan, tersimpan di mobil panitia yang mengikuti mereka dari arah belakang. Jadi, para rider bisa lebih fokus berkendara dan hanya membawa barang seperlunya.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Wisata Pegunungan Himalaya Untuk Yang Bernyali]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Pekan, Harga Emas Antam Stabil di Level Rp 761 Ribu per Gram

Posted: 06 Oct 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam stabil di level Rp 761 ribu per gram, pada perdagangan Senin(7/10/2019). Harga emas ini bertahan sejak Sabtu pekan lalu.

Sedangkan harga buyback emas Antam pada hari ini tetap di harga Rp 684 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 684 ribu per gram.

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.36 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 7.800.000. Sedangkan untuk ukuran 20 gram dijual Rp Rp 15.150.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Rincian Harga Emas

Antam meluncurkan desain kemasan emas Antam LM batangan baru.

* Pecahan 0,5 gram Rp 405.000

* Pecahan 1 gram Rp 761.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.471.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.185.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.625.000

* Pecahan 10 gram Rp 7.185.000

* Pecahan 25 gram Rp 17.855.000

* Pecahan 50 gram Rp 35.635.000

* Pecahan 100 gram Rp 71.200.000

* Pecahan 250 gram Rp 177.750.000

* Pecahan 500 gram Rp 355.300.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 710.600.000.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menabung Uang Koin Hasil Angkringan, Pasangan Ini Bisa Sekolahkan 3 Anaknya

Posted: 06 Oct 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keterbatasan ekonomi banyak membuat para orangtua menyerah untuk menyekolahkan anaknya. Hingga akhirnya, banyak sekali anak-anak di Indonesia yang berhenti sekolah karena tidak memiliki biaya yang cukup.

Keterbatasan ekonomi ini juga dialami oleh pasangan suami istri Suratmo (67) dan juga Wartinah (52). Mereka mengalami keterbatasan ekonomi dan cukup sulit untuk menyekolahkan ketiga anaknya, tapi mereka tidak ingin menyerah begitu saja. Mereka mencari cara agar membuat ketiga buah hatinya tetap bersekolah.

Hingga akhirnya mereka menggunakan cara yaitu, mengumpulkan uang koin dari hasil berdagang angkringan yang selama ini mereka lakoni. Dengan cara yang mereka tekuni ini, membuat Suratmo dan juga istrinya berhasil menyekolahkan anaknya. Kini dua orang anak Suratmo sudah lulus sekolah dan mendapatkan pekerjaan.

Saat ini, tinggalah anak bungsunya yang masih bersekolah di salah satu SMK Negeri yang berada di Yogyakarta.

 

1. Pernah Mengumpulkan Uang Kertas

Jenis uang kertas (Sumber: Istockphoto)

Sebelum menggunakan cara mengumpulkan uang koin, Suratmo lebih dulu menggunakan cara mengumpulkan uang kertas. Ia mengyumpulkan uang kertas dengan cara digulung oleh koran, namun cara itu tidak lagi ia lakukan. Karena uang kertas yang ia kumpulkan habis dimakan rayap.

2. Bayar Sekolah dengan Uang Koin

Ilustrasi uang koin (iStock)

Kalian pasti mengira bahwa pak Suratmo dan juga istrinya membayar uang sekolah, dengan menggunakan uang kertas. Tapi, tidak demikian. Pak Suratmo justru membayar uang sekolah anaknya dengan menggunakan uang koin yang ia kumpulkan, dan tidak menukar uang koin itu dengan uang kertas.

3. Perjuangan Kedua Orangtua

Sering mendengar beragam nasihat dari orangtua? Ternyata 4 nasihat berikut ini tidak sepenuhnya benar. (iStockphoto)

Perjuangan Suratmo dan juga istrinya bukan hanya berjualan angkringan saja, bahkan sebelumnya Pak Suratmo sempat bekerja di pabrik kancing, tukang bangunan, berjualan bubur, dan juga nasi. Hingga akhirnya ia memutuskan berdagang angkringan.

Beberapa pekerjaan ia lakoni karena ia harus menyekolahkan anaknya karena tanggung jawabnya sebagai orangtua. Perjuangan Pak Suratmo dan juga istrinya membuktikan bahwa, setiap orangtua akan melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya.

 

Penulis: Natania Longdong

Uuniversitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Bocah Penyintas Kanker Sumbangkan 3.000 Mainan ke Rumah Sakit

Posted: 06 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah penyintas kanker berusia lima tahunmenyumbangkan 3000 mainan ke rumah sakit anak tempat ia dirawat. Pemberiannya sebagai tanda terima kasih pada perawat rumah sakit yang sudah merawatnya dengan baik.

Melansir dari CNN, Kamis, 3 Oktober 2019, bocah bernama Weston Newswanger didiagnosis mengidap kanker langka Rhabdomyosarcoma, penyakit kanker yang tumbuh di otot rangka pada 2016. Ia lalu menjalani masa perawatan setahun di rumah sakit, dan dilanjutkan dengan masa penyembuhan hampir dua tahun belakangan.

Tinggal di rumah sakit selama ini membuatnya merasa Rumah Sakit Anak Penn State adalah rumah keduanya. Begitu pula dengan kedua orangtua yang mendampinginya selama ini.

"Kami telah menganggap rumah sakit seperti rumah kami sendiri, dan perawat yang berada di dalamnya telah menjadi bagian dari keluarga kami," ujar Ammy Newswanger.

Setelah berhasil melewati hari-harinya sebagai penderita kanker, Weston terpikir untuk membalas kebaikan yang didapatkan dari rumah sakit. Maka itu, pada ulang tahunnya yang ke-5, ia meminta dibelikan banyak mainan untuk disumbangkan kepada rumah sakit.

"Aku tidak ingin dan tidak butuh apa-apa," ujar Weston kepada ibunya saat ditanyai tentang hadiah yang diingini untuk merayakan ulang tahunnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Pengumuman di Facebook

Weston berfoto di depan kontainer yang di dalamnya berisi mainan untuk disumbangkan ke rumah sakit (dok Facebook/Amy Newswanger/ https://www.facebook.com/photo.php?fbid=2511420292419197&set=pcb.2511421202419106&type=3&theater/Ossid Duha Jussas Salma)

Mendengar permintaan anaknya, ia segera menanyakan apakah bisa menyumbangkan mainan ke pihak rumah sakit. Setelah diperbolehkan, ia langsung memengumumkan kepada keluarga dan kerabatnya untuk mengumpulkan mainan.

Selain itu, Amy juga mengajak orang luar bergabung untuk mengumpulkan mainan melalui akun Facebook pribadinya. Respons baik diterimanya. Weston mengumpulkan 1.263 Play-Doh, 71 karakter superhero, 1.249 mainan dinosaurus, dan masih banyak mainan lainnya.

"Mainan itulah yang membuat Weston merasa bahagia selama masa perawatan di rumah sakit, terutama Play-Doh," kata Amy menjelaskan.

Pada Selasa, 1 Oktober 2019, Amy Newswanger mengumumkan di akun Facebook nya bahwa mereka telah mengirimkan semua mainan yang terkumpul ke Rumah Sakit Anak Penn State. Beberapa foto Weston sambil tersenyum juga ikut diunggah bersama pengumumannya itu. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Seleb yang Kehilangan Bayi Kembar Saat di Kandungan, Terbaru Irish Bella

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni. Pasangan yang menikah pada 28 April 2019 lalu ini harus menunda untuk bisa menimang buah hati. 

Janin kembar yang telah dikandung Irish Bella selama enam bulan itu meninggal pada Minggu, 6 Oktober 2019. Sebelum kabar meninggalnya calon bayi kembarnya, Irish Bella memang sudah menginap di rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif.

Wanita berusia 23 tahun itu mengaku sering mengalami kontraksi. Selain itu, ia mengalami pendarahan yang membuatnya harus dirawat secara intensif. 

Jenazah bayi kembarnya langsung dimakamkan di TPU Kalimulya 1 Depok, Jawa Barat pada Minggu malam. Prosesi pemakaman bayi kembar itu langsung dilakukan oleh Ammar Zoni. Irish Bella hingga kini masih berada di rumah sakit untuk menjalani pemulihan. 

Berita duka dari Irish Bella dan Ammar Zoni ini tentu saja mengejutkan banyak pihak, khususnya para penggemar. Pasangan yang selalu didukung penggemarnya ini, ternyata bukan satu-satunya calon orangtua yang kehilangan bayi kembar dalam kandungan. Berikut seleb-seleb yang pernah kehilangan bayi kembar saat di dalam kandungan seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019).

1. Irish Bella

Artis yang juga pernah kehilangan janin kembar di dalam kandungannya. (Sumber: Instagram/fdphotography90)

Irish Bella dan Ammar Zoni harus melepas kepergian calon bayi kembarnya pada hari Minggu, 6 Oktober 2019. Kabar ini tentunya mengejutkan publik. Masih berusia 26 minggu dalam kandungan, janin kembar Irish Bella harus dikeluarkan secara caesar dalam kondisi meninggal dunia. 

Pemakaman langsung dilakukan oleh Ammar Zoni di hari yang sama tanpa dampingan Irish Bella. Wanita berhijab itu masih berada di rumah sakit untuk pemulihan kondisinya. Ayah Ammar Zoni membeberkan nama si calon bayi kembar yaitu Ayura binti Akbar, dan Ayuna Khadijah binti Akbar. 

2. Bella Shofie

Artis yang juga pernah kehilangan janin kembar di dalam kandungannya. (Sumber; Instagram/@bellashofie_rigan)

Sebelum melahirkan bayi laki-laki yang sempat membuat heboh publik, Bella Shofie pernah kehilangan calon buah hatinya. Ia harus mengikhlaskan calon bayi kembarnya saat masih di dalam kandungan.

 Lewat tulisan di media sosialnya, Bella Shofie ungkap ia kehilangn bayi kembarnya saat masih berusia 12 minggu di kandungan.

"Saya sempat kehilangan bayi kembar saya dikehamilan pertama pada usia kandungan 12 minggu," tulis Bella Shofie.

3. Cinta Ratu Nansya

Artis yang juga pernah kehilangan janin kembar di dalam kandungannya. (Nurwahyunan/bintang.com)

Mantan istri dari Roby Geisha, Cinta Ratu Nansya juga pernah mengalami hal yang sama. Aktris yang pernah membintangi film 'Kutukan Arwah Santet' ini harus ikhlas kehilangan calon bayi kembarnya.

Saat itu, usia kandungannya menginjak 7 minggu. Faktor keguguran tersebut karena ia kelelahan. Selain itu, dokter juga menduga bahwa posisi janin kembar yang ada di dalam perutnya letaknya tidak sama.

4. Marissa Nasution

Artis yang juga pernah kehilangan janin kembar di dalam kandungannya. (Instagram/marissaln)

VJ cantik, Marissa Nasution pernah kehilangan calon bayinya. Ia awalnya dikabarkan mengandung bayi kembar.

Namun ia mengalami Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS). Kondisi TTTS adalah kedua bayi harus berbagi satu plasenta sehingga suplai darah ke tubuh keduanya menjadi tidak seimbang. Dari kondisi tersebut Marissa Nasution harus kehilangan satu calon bayi kembarnya. 

28 Mei 2018, Marissa Nasution telah melahirkan bayi perempuannya di Singapura. Presenter cantik Marissa Nasution saat ini tengah berbahagia dengan kehadiran putrinya yang diberi nama Alaia Moana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tawarkan Proyek Bandara Singkawang ke Swasta

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bappenas, dan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia melaksanakan market sounding proyek pembangunan Bandara Singkawang, Kalimantan Barat. Hal ini dilakukan untuk menarik pihak swasta agar terlibat dalam proyek tersebut dalam skema KPBU.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pihaknya menyambut positif kegiatan market sounding. Mengingat pentingnya keterlibatan swasta dalam pembangunan infrastruktur.

"Pak Presiden secara khusus mengingatkan kepada kami, berikan kesempatan swasta, swasta asing untuk masuk ke industri prasarana perhubungan. Karena kita yakin kompetensi yang dimiliki swasta, modal yang dimiliki swasta itu diperlukan oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan infrastruktur yang begitu banyak," kata dia, di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (7/10).

Pemerintah tentu berharap keterlibatan swasta dalam pembangunan infrastruktur, khususnya di sektor perhubungan dapat terus ditingkatkan.

"Kalau ini menjadi satu contoh. Ada bandara-bandara lain, yang dimiliki pemerintah atau AP I dan AP II. Pelabuhan-pelabuhan yang dimiliki oleh pemerintah dan juga fasilitas kereta api itu yang begitu variatif dan memiliki prospek yang baik," ujar dia.

Dia pun meminta segenap pihak, terutama dari sisi pemerintah dapat memberikan informasi yang jelas kepada investor. Dengan demikian, para calon investor proyek Bandara Singkawang memperoleh informasi memadai terkait proyek tersebut.

"Saya minta kepada tim, dari Bappenas, PII, dan dari Kementerian Perhubungan memberikan keterangan sejelas-jelasnya kepada investor dan kami siap melakukan diskusi one on one bila diskusi pada market sounding ini dirasa kurang," imbuhnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Dukung Aksesibilitas Masyarakat

Ilustrasi pesawat terbang lepas landas dari bandara.

Sementara Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, kehadiran Bandara Singkawang amat strategis dalam mendukung aksesibilitas masyarakat.

"Dengan dilaksanakannya market sounding ini Bandara Singkawang layak dibangun untuk memenuhi impian masyarakat Singkawang tersedia akses lebih efisien waktu,"

Tentu kehadiran Bandara Singkawang diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi daerah Singkawang dan sekitarnya. "Singkawang merupakan kota pariwisata dan perdagangan jasa. Dimensi waktu menjadi penting yang kaya daya tarik investasi," tandasnya.

Sebagai informasi, nilai opex proyek Bandara Singkawang sebesar Rp 2,6 triliun. Sementara capex proyek senilai Rp 1,7 triliun dengan masa konsesi 32 tahun.  

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:[VIDEO] Kabut Asap Selimuti Kota Padang, Penerbangan Terganggu]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: MU Jadi Penantang Baru Bali United di Papan Atas

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madura - Madura United (MU) menjadi penantang baru Bali United di papan atas klasemen Shopee Liga 1 2019 pekan ke-22. MU baru saja menggusur Tira Persikabo, yang kalah 0-3 dari Persipura Jayapura, dari peringkat kedua klasemen.

MU kini mengemas 38 poin dan tertinggal 10 poin dari pemuncak klasemen, Bali United. Teraktual, MU menambah satu poin usai bermain imbang 2-2 melawan PSS Sleman.

Namun demikian, jarak poin antara keduanya bisa melebar. Pasalnya, Bali United baru bermain di 20 pertandingan, dua laga lebih sedikit ketimbang MU.

Pada pertandingan ke-21 Shopee Liga 1 2019, Bali United akan bertandang ke stadion Segiri untuk meladeni Borneo FC, Jumat (18/10/2019) WIB. Di atas kertas, Borneo bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan.

Tim asuhan Mario Gomez itu sedang duduk di peringkat ke-4 dengan 33 poin, hasil dari 8 menang. 9 imbang, dan 3 kalah. Sebanyak empat dari delapan kemenangan itu, diraih di kandang.

Sementara itu, juara bertahan Shopee Liga 1 2019, Persija Jakarta masih tertahan di papan bawah. Macan Kemayoran juga baru berganti nakhoda dari Julio Banuelos ke Edson Tavares.

Hingga pekan ke-21, Ismed Sofyan dan kawan-kawan baru mengantongi 20 poin. Berikut klasemen Shopee Liga 1 2019 selengkapnya.

 

Klasemen Liga 1 2019

 

 

Jadwal Liga 1

Rabu 16 Oktober 2019

15.30 WIB, Persija Jakarta vs Semen Padang

18.30 WIB, PSM Makassar vs Arema FC

Jumat 18 Oktober 2019

15.30 WIB PSS Sleman vs Kalteng Putra

15.30 WIB, Persela Lamongan vs PSIS Semarang

18.30 WIB, Borneo FC vs Bali United

Sabtu 19 Oktober 2019

15.30 WIB Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

18.30 WIB, Tira Persikabo vs Bhayangkara FC

Minggu 20 Oktober 2019

15.30 WIB, Semen Padang vs Madura United

18.30 WIB, Persipura Jayapura vs Arema FC

18.30 WIB, PSM Makassar vs Persija Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

37.000 Pengguna Terkena Aplikasi Mata-Mata pada 2019

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dari Januari hingga Agustus 2019, pengguna yang setidaknya menghadapi satu kali upaya instalasi spyware komersial yang sering digunakan sebagai alat untuk mata-matadomestik atau dikenal sebagai "stalkerware", telah melampaui 37.000 pengguna.

Angka ini meningkat 35 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018. Terlebih lagi, lansekap ancaman untuk stalkerware juga semakin meluas karena Kaspersky telah menemukan 380 varian stalkerware tersebar luas pada tahun 2019--31 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Temuan ini merupakan sorotan utama dari laporan bertajuk Kaspersky's The State of Stalkerware 2019. Stalkerware dapat menyusup ke perangkat seseorang dan memata-matainya.

Dengan menggunakan stalkerware, pelaku dapat mengakses pesan, foto, media sosial, geolokasi, dan rekaman audio atau kamera korbannya. Bahkan dalam beberapa kasus, stalkerware dapat memata-matai korban secara real-time. Tidak seperti aplikasi kontrol orang tua yang terlegitimasi, program-program seperti stalkerware berjalan tersembunyi tanpa persetujuan korban.

Pada delapan bulan pertama tahun 2019, sebanyak 37.532 pengguna unik menjadi target atas setidaknya satu kali upaya penyusupan layanan pribadi dengan menggunakan stalkerware. Sebagai perbandingan, pada 2018 ada sekitar 27.798 pengguna yang terkena stalkerware.

Dalam delapan bulan pertama tahun 2018, Kaspersky mendapati 290 varian yang berpotensi berbahaya dan pada tahun 2019 angka tersebut telah meningkat hampir sepertiganya, hingga menyentuh 380 varian.

Di Indonesia sendiri, jumlah stalkerware yang terdeteksi mengalami penurunan, meskipun tidak signifikan. Tahun lalu jumlah deteksi mencapai 392 dan pada 2019 ada sebanyak 387 deteksi.

Stalkerware

Mengomentari soal stalkerware, Erica Olsen, Director of the Safety Net Project di National Network to End Domestic Violence, mengatakan, "Ketika dirancang untuk beroperasi dalam modus senyap secara utuh tanpa pemberitahuan berkelanjutan kepada pemilik perangkat, perangkat lunak ini memberikan alat paling manjur kepada pelaku kejahatan untuk melakukan pelecehan, pemantauan, dan penyalahgunaan."

Jenis perlakuannya, menurut Erica, bisa "membahayakan, menimbulkan trauma, dan meningkatkan risiko keamanan yang signifikan. Sehingga fungsionalitasnya bisa dianggap sebagai penyalahgunaan".

Sementara itu, pakar keamanan di Kaspersky, Vladimir Kuskov, menyebut, "Kami telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kemampuan deteksi stalkerware pada produk kami dalam beberapa bulan terakhir, dan akan terus melakukannya bersama para pemain industri lainnya karena kami mendukung segala upaya demi melawan para pelaku kejahatan. Tetapi masih ada masalah yang harus dipecahkan."

Rekomendasi Kaspersky

Untuk menghindari menjadi target mata-mata para pelaku kejahatan, Kaspersky merekomendasikan:

  • Memblokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal di pengaturan ponsel
  • Jangan pernah menyebarkan kata sandi atau kode sandi ke perangkat seluler, meskipun itu dengan seseorang yang dikenal
  • Jangan pernah menyimpan file atau aplikasi yang tidak dikenal pada perangkat karena dapat merusak privasi
  • Mengubah semua pengaturan keamanan pada perangkat seluler, jika telah menyudahi suatu hubungan dengan seseorang. Orang itu mungkin saja akan mencoba mendapatkan informasi pribadi.
  • Memeriksa daftar aplikasi pada perangkat untuk mengetahui apakah program yang mencurigakan dipasang tanpa persetujuan
  • Menggunakan solusi keamanan yang dapat memberikan notifikasi tentang keberadaan program spyware komersial yang bertujuan menyerang privasi di ponsel, seperti Kaspersky Internet Security
  • Untuk mempelajari lebih lanjut tentang stalkerware pada tahun 2019, silahkan baca laporan lengkapnya di Securelist.com

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kegembiraan Nuno Espirito Santo Usai Kalahkan Manchester City

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo (kiri) berselebrasi dengan J Moutinho usai pertandingan melawan Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad (6/10/2019). Wolverhampton menang 2-0 atas Manchester City. (AP Photo/Rui Vieira)

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo (kiri) berselebrasi dengan J Moutinho usai pertandingan melawan Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad (6/10/2019). Wolverhampton menang 2-0 atas Manchester City. (AP Photo/Rui Vieira)

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo melihat pemainnya bertanding melawan Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Etihad (6/10/2019). Dari empat kali pertemuan dengan pelatih City Pep Guardiola, Nuno  menang sekali, kalah dua kali, dan seri sekali. (AP Photo/Rui Vieira)

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo melihat pemainnya bertanding melawan Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Etihad (6/10/2019). Dari empat kali pertemuan dengan pelatih City Pep Guardiola, Nuno menang sekali, kalah dua kali, dan seri sekali. (AP Photo/Rui Vieira)

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo menyapa suporter  usai pertandingan melawan Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Etihad (6/10/2019). Dengan presentase 25 persen kemenangan, Nuno termasuk pelatih yang menyulitkan untuk Guardiola. (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo menyapa suporter usai pertandingan melawan Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Etihad (6/10/2019). Dengan presentase 25 persen kemenangan, Nuno termasuk pelatih yang menyulitkan untuk Guardiola. (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo bersalaman dengan pelatih Manchester City, Pep Guardiola sebelum pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad (6/10/2019). (AFP Photo/Oli Scarff)

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo bersalaman dengan pelatih Manchester City, Pep Guardiola sebelum pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad (6/10/2019). (AFP Photo/Oli Scarff)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPK Segel Ruang Kerja Bupati Lampung Utara

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPK melakukann penyegelan terhadap ruang kerja Bupati Lampung Utara setelah menangkapnya alam sebuah OTT.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tari Yospan Papua Ramaikan Festival Asia Tenggara di California

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Long Beach - Tarian rakyat Yosim dan Pancar atau yang lebih dikenal dengan "Yospan" asal Papua menghibur pengunjung Festival Asia Tenggara di Aquarium of the Pacific, Long Beach, California pada 5 Oktober 2019.

Konsulat Jenderal RI di Los Angeles kembali berpartisipasi pada kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Aquarium of the Pacific, Long Beach.

Festival ini merupakan ajang memperkenalkan budaya negara-negara di kawasan Samudera Pasifik, termasuk Indonesia ke publik setempat.

Budaya Indonesia yang dipentaskan tahun ini adalah Tari Yospan. Tari Yospan merupakan tarian pergaulan masyarakat Papua yang menyimbolkan persahabatan.

Para penari Yospan merupakan mahasiswa-mahasiswi Papua yang tengah menempuh pendidikan tingkat Sarjana dan Master di Los Angeles dan sekitarnya.

"Sambutannya luar biasa," jelas Poppy Yeanny, Konsul Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Los Angeles dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Senin (7/10/2019).

"Para pengunjung juga turut menari bersama dan semakin memeriahkan suasana," sambung Poppy.

Partisipasi Indonesia juga sekaligus dalam rangka merayakan Hubungan Diplomatik RI - AS ke-70 yang tepat jatuh pada tahun ini. Peningkatan hubungan antar masyarakat (people-to-people contact) merupakan salah satu prioritas tema kerja sama Indonesia - AS.

Simak video tariannya di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituduh Hina Aturan Busana Iran, Selebgram Sahar Tabar Ditangkap

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tehran- Pertengahan tahun 2018 lalu, dunia dikejutkan dengan foto-foto viral seorang wanita Iran bernama Sahar Tabar. Dengan wajah sangat tirus, hidung yang benar-benar mancung, dan lensa kontak warna terang, ia disebut-sebut ingin tampil mirip Angelina Jolie.

Bahkan ia dikabarkan menjalani 50 operasi plastik demi mirip pemain Maleficent tersebut. Namun belakangan foto-foto ini diketahui adalah hasil makeup dan editan.

Kini Sahar Tabar kembali menarik perhatian publik. Dilansir dari BBC, Senin (7/10/2019), ia dikabarkan telah ditangkap oleh pihak berwenang Iran.

Media lokal Tasnim melaporkan bahwa Sahar Tabar telah dituduh melakukan penistaan, memicu kekerasan, mendapat properti secara ilegal, menghina aturan busana negara tersebut, dan mendorong anak muda melakukan perbuatan buruk.

Memicu Kritik

Ekspresi Sahar Tabar saat berselfie. (Instagram/sahartabar_official)

Sahar Tabar menambah panjang daftar selebgram dan fashion blogger Iran yang bermasalah dengan hukum.

Kabar penangkapan Sahar Tabar memicu kritik dari masyarakat dunia. Bahkan ada warganet yang mengatakan secara sarkastis bahwa selebgram ini seharusnya melakukan kejahatan yang lebih ringan seperti penggelapan dana atau pembunuhan.

Kini, Instagram resmi milik Sahar Tabar telah dihapus. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Jiwa Ungkap Kondisi Mental Masyarakat Usai Kerusuhan di Papua

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Walaupun suasana di berbagai wilayah di Papua sudah terbilang kondusif, pemulihan dari trauma dirasa tetap penting bagi masyarakat yang terdampak kerusuhan beberapa waktu lalu.

Dalam temu media di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta beberapa waktu lalu, dokter spesialis kejiwaan Rizky Aniza Winanda mengatakan bahwa masalah mental banyak dialami oleh orang-orang yang menjadi korban dari kerusuhan di beberapa wilayah yang terjadi beberapa saat lalu.

"Di tempat saya ada beberapa korban kemarin yang sampai saat ini mengalami gangguan penyesuaian cemas, stres akut semenjak kejadian itu, karena mereka memiliki kios di pasar yang dijarah dan dirusak juga," kata Aniza lewat sambungan jarak jauh dari Papua Barat, ditulis Senin (7/10/2019).

Aniza sudah mengira bahwa masalah trauma akan terjadi. Dia menambahkan, jumlah psikiater di Papua cukup banyak, khususnya di Jayapura.

"Dari perhimpunan kami kemarin memang cukup disibukkan dengan adanya orang-orang yang mengalami trauma," kata dokter yang berpraktik di RSUD Schoolo Keyen, Papua Barat itu.

Pendekatan yang Tidak Mudah

200-an orang pengungsi rusuh Wamena bertahan di Yonif 751 Sentani di Kabupaten Jayapura. (Liputan6.com/Katharina Janur)

Aniza menegaskan bahwa bukan hanya warga pendatang yang membutuhkan penanganan trauma. Masyarakat asli pun juga butuh karena banyak dari mereka merasa tidak aman karena adanya kerusuhan.

"Pendekatannya memang tidak mudah, sangat sensitif. Pendekatan budaya terutama yang harus kita pikirkan," kata Aniza.

"Terutama dengan hal yang sesimpel, kita sering menggunakan 'pendatang' dan 'orang asli Papua' terkesan 'kami bukan bagian dari mereka' terkesan 'kami menciptakan perpisahan itu.' Ini yang sangat sensitif sehingga membuat orang berpikir akan dibedakan penanganan pendatang dan warga asli," ujar alumni FKUI itu.

Aniza pun menjelaskan pada pasien-pasiennya, bahwa ketakutan yang dirasakan tidak hanya terjadi pada satu orang saja. Ada banyak masyarakat, bahkan di kota besar yang merasa takut dengan adanya konflik.

"Saling berbagi perasaan masing-masing, bahwa jangan sampai teman-teman kita terprovokasi, kita juga ikut terprovokasi, sementara itu pendekatan yang bisa kita lakukan. Kita tidak sendiri kok, ketakutan kita sama dengan yang mereka rasakan."

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susi Kembali Tenggelamkan Kapal Asing di Pontianak

Posted: 06 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menenggelamkan lagi Kapal Ikan Asing (KIA). Penenggelaman kapal ikan asing ini jumlahnya lebih besar dibanding biasanya. Berdasarkan data dari Humas KKP, ada 48 KIA yang disita sebagai barang bukti. 28 KIA berbendera Vietnam, 13 KIA berbendera Malaysia, 2 KIA berbendera Tiongkok, 1 KIA berbendera Thailand, 1 KIA berbendera Filipina dan 3 KIA berbendera Indonesia.

48 KIA ini sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah. Maka akan dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan. 21 KIA diantaranya ditenggelamkan di perairan Kalimantan Barat, yang terbagi menjadi dua wilayah. 18 KIA akan ditenggelamkan di perairan Tanjung Datu, Kabupaten Mempawah hari ini, Minggu (6/10/2019) dan 3 KIA sudah ditenggelamkan di perairan Kabupaten Sambas.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, penenggelaman kapal ini adalah hal yang rutin dilakukan. Kali ini, pemusnahan dilakukan setahun sekali setelah barang bukti KIA yang sudah inkrah dikumpulkan terlebih dahulu.

"Ini bisa menghemat anggaran. Jadi KIA pelanggar itu tetap ditindak," kata Susi.

KIA lainnya akan ditenggelamkan juga di Belawan, Batam, Natuna, Nunukan, Merauke dan Toli-toli. Juga ada beberapa kapal pelaku illegal fishing ini yang bakal digunakan sebagai museum di Pengandaran.

Penindakan terhadap pelaku illegal fishing ini tidak boleh ada kompromi. Tidak ada opsi lain selain penenggelaman kapal ikan asing agar memiliki efek jera.

"Kita harus menjaga kedaulatan negara. Menghukum pelaku pencurian (ikan) tidak boleh segan," kata Susi. 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Indonesia, Timnas Uni Emirat Arab Minta Bantuan Suporter

Posted: 06 Oct 2019 09:58 PM PDT

 

Jakarta Timnas Uni Emirat Arab (UEA) akan menjamu Timnas Indonesia pada penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Laga menjamu Indonesia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019), ini menjadi pertandingan pertama Timnas Uni Emirat Arab di hadapan pendukung sendiri di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Uni Emirat Arab mengharapkan dukungan penuh dari suporter mereka saat. Harapannya, suporter bisa berbondong-bodong hadir untuk memompa semangat tim asuhan pelatih Bert van Marwijk tersebut,

Asosiasi Sepak Bola UEA (UAE FA) bersyukur laga menghadapi Indonesia dipastikan bisa dihadiri penonton. Sebelumnya, mereka khawatir partai ini harus digelar tanpa kehadiran suporter setia.

Hal itu mengacu pada sanksi yang dijatuhkan AFC pada Maret lalu. Komite Disiplin AFC ketika itu menjatuhi UEA dengan sanksi menggelar satu pertandingan tanpa penonton akibat aksi tak terpuji yang dilakukan suporter mereka dalam pertandingan kontra Qatar di semifinal Piala Asia 2019, Januari lalu.

Namun, Sekjen UAE FA, Mohammed Abdullah Hazzam Al Dhaheri, memastikan AFC mengizinkan laga melawan Indonesia disaksikan penonton lantaran langsung di bawah pengawasan FIFA, bukan pertandingan yang diselenggarakan AFC.

"Kehadiran penonton akan memotivasi dan mendorong timnas untuk memberikan yang terbaik, memenangi pertandingan, serta melanjutkan untuk terus mengumpulkan poin, terutama setelah kemenangan melawan Malaysia di Kuala Lumpur," ujar Bin Hazam, seperti dilansir dari situs resmi UEA.

Di sisi lain, tiket pertandingan menjamu Indonesia sudah dijual dengan harga termurah mulai 20 AED atau Rp77 ribu.

  

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Latihan Perdana

Timnas Uni Emirat Arab (UEA) saat uji coba melawan Republik Dominika di Khalifa Stadium, Bahrain (30/8/2019). (Bola.com/Dok. UAE FA)

Pada sesi latihan perdana jelang meladeni Indonesia, Sabtu (5/10/2019), dari 26 pemain yang mendapat pemanggilan, hanya 22 pemain yang ikut berlatih secara normal.

Sisanya, harus melewati latihan secara terpisah karena mengalami cedera saat membela klub masing-masing.

Keempatnya terus mendapat pengawasan dari tim medis untuk menentukan kondisi cedera, apakah memengaruhi keberadaan mereka di dalam skuat.

Timnas Uni Emirat Arab menggelar pemusatan latihan selama empat hari di Stadion Zabeel, yang merupakan markas klub Al Wasl, sebelum pindah ke kandang Al Nasr, Stadion Al Maktoum, yang menjadi venue pertandingan melawan Indonesia.

Sumber: UAE FA

Disadur dari Bola.com (Aning Jati/Rizki Hdayat, published 7/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sindiran Neville: Lini Depan MU Lebih Oke Saat Ada Fellaini

Posted: 06 Oct 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Gary Neville sangat kecewa dengan penampilan MU saat kalah melawan Newcastle, Minggu (6/10/2019). Ia menyebut Setan Merah tampil kurang tajam di depan gawang lawan.

Satu-satunya gol ke gawang MU dicetak oleh Matthew Longstaff. Ia mencetaknya pada menit ke-72.

Kekalahan membuat MU tertahan di posisi ke-12 klasemen. Mereka baru mengoleksi sembilan poin dari delapan laga.

"Permainan MU sebenarnya bagus. Namun mereka sama sekali tidak tajam," kata Neville seperti dilansir Sky Sports.

"Bahkan lini depan MU lebih baik bersama Marouane Fellaini ketimbang yang sekarang. Saya pikir lini depan mengalami kemunduran," legenda Setan Merah itu menambahkan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Striker Muda

Bek Newcastle United DeAndre Yedlin berebut bola dengan pemain Manchester United, Tahith Chong pada laga pekan kedelapan Premier League, di St James' Park, Minggu (6/10/2019). Manchester United (MU) menelan kekalahan 0-1 dari Newcastle United. (Owen Humphreys/PA via AP)

MU memang hanya punya barisan striker muda musim ini. Alexis Sanchez dan Romelu Lukaku dilepas ke Inter Milan pada bursa transfer musim panas kemarin.

"Kedalaman skuat MU sangat memprihatinkan. Tentu lebih baik jika Lukaku dan Alexis tetap di sini," kata Neville.

"Namun Ole Gunnar Solskjaer telah membuat keputusan. Ia melepas pemain yang tak masuk ke dalam proyek jangka panjang."

Hasil Liga Inggris

Hasil Liga Inggris

Brighton 3-0 Tottenham

Burnley 1-0 Everton

Liverpool 2-1 Leicester

Norwich 1-5 Aston Villa

Watford 0-0 Sheffield

West Ham 1-2 Crystal Palace

Arsenal 1-0 Bournemouth

Manchester City 0-2 Wolverhampton

Southampton 1-4 Chelsea

Newcastle 1-0 MU

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rencana JK Jika Pensiun Sebagai Wapres

Posted: 06 Oct 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla 2 minggu lagi melepaskan jabatannya sebagai Wapres. Segudang kegiatan menanti JK jika pensiun sebagai Wapre mulai dari mengurus pendidikan dan kegiatan sosialhingga kembali menjadi pengusaha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Manfaat Daun Katuk Bagi Pria, Tetap Perhatikan Cara Mengonsumsinya

Posted: 06 Oct 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun katuk sudah sangat populer digunakan untuk memperlancar ASI. Namun, siapa sangka ternyata ada manfaat daun katuk bagi pria. Pada pria, manfaat yang bisa didapatkan untuk meningkatkan vitalitas pria.

Manfaat daun katuk bagi pria tak hanya untuk meningkatkan vitalitas saja. Masih ada manfaat lainnya yang bisa dirasakan, karena adanya kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk menjaga kesehatan.

Namun, untuk mendapatkan manfaat daun katuk bagi pria, perlu mengolahnya dengan baik. Walaupun memiliki segudang manfaat, namun kamu tidak diperbolehkan mengonsumsinya secara berlebihan. Alih-alih ingin mendapatkan khasiatnya, karena konsumsinya yang berlebihan justru akan berdampak negatif untuk tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara mengolah dan jumlahnya untuk mendapatkan manfaat daun katuk bagi pria. Berikut ada beberapa manfaat daun katuk bagi pria yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019).

Kandungan Nutrisi pada Daun Katuk

jus katuk/copyright: pexels.com/rawpixel

Daun katuk tumbuh memiliki bentuk perdu dan bisa mencapai tinggi 2-3 meter, dengan cabang-cabang yang cukup lunak. Ada zat dan senyawa yang terkandung di dalamnya seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamkn B, vitamin C, metil piroglutamat, serta p-dodesil fenol sebagai komponen minor.

Selain itu, ada juga energi, hidrat arang, serat, abu, kalsium, karoten, dan air. Daun katuk merupakan tanaman lokal yang memiliki kadar klorofil tinggi. Maka enggak heran kalau di dalamnya terkandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Manfaat Daun Katuk: Meningkatkan Vitalitas hingga Menyembuhkan Diabetes

Diabetes (Rawpixel-com/Shutterstock)

Meningkatkan Vitalitas

Jika daun katuk memiliki manfaat utama untuk memperlancar ASI pada wanita menyusui, lain halnya dengan manfaat daun katur bagi pria yang utama adalah untuk meningkatkan vitalitas pria.

Para ahli menganjurkan dan merekomendasikan agar pria mengonsumsi daun katuk. Pria bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma dengan mengonsumsi daun katuk. Hal ini bisa terjadi karena daun katuk memiliki kandungan fitokimia.  

Bantu Penyembuhan Diabetes

Manfaat daun katuk bagi pria lainnya adalah mampu membantu proses penyembuhan diabetes. Daun katuk memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah manusia.

Hal ini telah terbukti oleh penderita diabetes yang mengonsumsi daun katuk. Di mana penderitanya akan mendapatkan indeks glikemik yang rendah daripada tidak mengonsumsi sama sekali.

Manfaat Daun Katuk: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adanya kandungan zat antioksidan tinggi pada daun katuk, menjadikan daun ini dapat sebagai bentuk pertahanan untuk tubuh. Hal ini terbukti karena daun katuk memiliki kemampuan untuk menyembuhkan bisul, menghilangkan darah kotor, serta menyembuhkan demam, dan flu.

Kandungan lainnya yang terdapat pada daun katuk seperti vitamin C yang tinggi. Zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh guna meningkatkan ketahanan tubuh, membentuk kolagen, mengangkut lemak, mengatur tingkat koletserol, menyembuhkan luka, serta meningkatkan fungsi otak agar bekerja maksimal.

Mengobati Flu

Manfaat daun katuk bagi pria juga bisa dirasakan untuk mengobati flu. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan efedrin yang sangat baik untuk penderita flu.

Lainnya, daun katuk juga dapat mengatasi gejala penyakit seperti anemia karena kandungan zat besi yang cukup tinggi. Daun katuk juga mengandung efedrin, merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk penderita flu.

Menjaga Kesehatan Tulang

Daun katuk juga mampu untuk menguatkan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan kalsium tinggi yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, daun katuk juga dipercaya mampu mencegah osteoporosis dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kesehatan tulang.

 

 

Konsumsi Daun Katuk dalam Batas Normal

Konsumsi Daun Katuk dapat Memperlancar Produksi ASI?

Ada banyak sekali manfaat daun katuk bagi pria. Walaupun begitu, jangan mengonsumsinya secar berlebihan. Pasalnya, daun katuk yang dikonsumsi berlebihan hisa memiliki dampak buruk pada paru-paru yang mengakibatkan penyakit brokbronchiolitis permanen.

Daun katuk bisa memberikan efek buruk dikarenakan adanya kandungan papaverina. Zat ini merupakan alkaloid yang juga terkandung dalam opnium. Jadi, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan keracunan bahkan kematian.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membatasi jumlah asupan daun katuk. Selain itu, cara mengolah daun katuk harus direbus sebelum dimakan karena pemanasan dapat menghancurkan sifat anti-protozoa.

Cara ini akan membunuh dan mengurangi racun pada daun katuk. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun katuk yang belum diolah atau mentah.

Tips Mengolah Daun Katuk

ilustrasi sayur katuk/copyright Shutterstock

Untuk bisa merasakan manfaat daun katuk secara utuh, penting untuk memerhatikan bagaimana cara mengolahnya yang benar. Hal ini karena cara pengolahan yang salah akan merusak kandungan gizi di dalamnya.

Apabila dimasak terlalu matang, maka dapat menurunkan kualitasnya. Oleh karena itu, untuk memasaknya hanya dibutuhkan waktu 3 menit saja sejak air mendidih.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga: Gusur Atletico, Barcelona Pepet Real Madrid

Posted: 06 Oct 2019 09:48 PM PDT

Jakarta - Real Madrid masih bertengger di puncak klasemen La Liga 2019/20. Tapi, kini mereka dibuntuti Barcelona yang menggusur Atletico Madrid usai berpesta gol 4-0 dengan mengalahkan Sevilla di Camp Nou, Minggu (6/10/2019) malam.

Atletico Madrid gagal mempertahankan jarak dengan pemuncak klasemen La Liga sekaligus rival sekota mereka, Real Madrid. Atleti harus puas meraih satu poin di kandang Real Valladolid setelah bermain imbang tanpa gol.

Hasil tersebut membuat Atletico Madrid harus tergelincir turun dari peringkat kedua ke peringkat ketiga dalam klasemen La Liga karena Barcelona meraih tiga poin lewat pesta gol di Camp Nou beberapa jam kemudian.

Barcelona menang telak 4-0 atas Sevilla lewat gol yang dicetak oleh Luis Suarez, Arturo Vidal, Ousmane Dembele, dan Lionel Messi. Pesta gol tersebut membuat Barcelona kini menggeser Atletico dari peringkat kedua dengan perolehan 16 poin dari delapan laga.

Barcelona hanya unggul satu poin dari Atletico Madrid. Walau demikian, Barcelona kini menjadi rival utama Real Madrid untuk memperebutkan singgasana La Liga.

Blaugrana kini hanya tertinggal dua poin dari Real Madrid, yang artinya Los Blancos tidak boleh terpeleset jika tak ingin posisinya di puncak klasemen La Liga dikudeta oleh Barcelona di pertandingan-pertandingan selanjutnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Klasemen La Liga

 

 

Hasil Pertandingan

Mallorca 2-0 Espanyol

(Ante Budimir 37', Salva Sevilla 73')

Celta Vigo 1-0 Athletic Bilbao

(Iago Aspas 74')

Real Valladolid 0-0 Atletico Madrid

Real Sociedad 1-2 Getafe

(Mikel Merino 5' | Mata 69', Nemanja Maksimovic 89')

Barcelona 4-0 Sevilla

(Luis Suarez 27', Arturo Vidal 32', Ousmane Dembele 35', Lionel Messi 78')

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Viral Emak-Emak Menerobos Jalan Tol di Surabaya

Posted: 06 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video emak-emak mengendarai motor tiba-tiba menjadi viral di sosial media Instagram. Hal ini karena, perempuan yang mengendarai motor itu nekat melintas masuk ke jalan tol di Surabaya, Jawa Timur. 

Video yang sedang viral itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @videosemangat pada Sabtu, 5 Oktober 2019. Dalam video yang berdurasi 17 detik ini, terlihat seorang perempuan menggunakan motor putih menerobos masuk ke jalan tol

Dari video tersebut terlihat, perempuan tersebut mengendarai motornya dengan kecepatan cukup tinggi. Ia juga berusaha menyalip kendaraan yang ada di sekitarnya. Video tersebut juga diedit dengan tambahan musik khas balapan Moto GP.

Tak lama video tersebut diunggah juga oleh beberapa akun. Salah satunya akun Instagram yang mengunggah ulang video ini adalah @aslisuroboyo.

Dalam akun Instagram @aslisuroboyo, video tersebut diberi judul "The power of emak-emak wilayah 031". Dari keterangan yang ditulis dalam kolom caption, akun @aslisuroboyo mengaku tidak mengetahui kapan kejadian tersebut berlangsung. Namun, akun @aslisurobyo dapat memastikan kejadian ini terjadi di jalan tol sekitar Gunungsari KM 12.

Unggahan ini mendadak diramaikan oleh warganet. Terhitung sampai 7 Oktober 2019, video ini sudah ditonton oleh 373.379 akun dan disukai oleh 71.159 akun. Bahkan video ini mengundang ribuan komentar dari warganet yang mencapai 5.062 komentar.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Video Diunggah Ulang oleh Khofifah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan kepada awak media usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Khofifah mengaku membahas sejumlah proyek infrastruktur dan transportasi di Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Video aksi motor menerobos jalan tol ini mencuri perhatian banyak pihak. Tak hanya warganet, rupanya video ini juga menarik perhatian Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Pada Senin (7/10/2019), dalam akun Instagram pribadinya bernama @khofifah.ip, Khofifah mengunggah ulang video yang diupload oleh akun Instagram @aslisuroboyo. Tak banyak berkomentar, Khofifah hanya mengingatkan pengikutnya untuk selalu hati-hati saat berkendara.

"Dulur selamat memulai aktifitas di pagi senen. Ingat jangan kebut-kebutan di jalan. Jaga keselamatan."

Beberapa komentar menarik datang dari warganet yang ditulis dalam kolom di unggahan Khofifah ini. 

"Mungkin lagi kejar setoran bu makanya ngebut🤣" tulis @ambar.dw

"Ya Allah.. dia yg ngebut hatiku ser ser'an sumpah" tulis @windha.aja

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Cari Pegawai Berkualitas, Simak Caranya di Sini

Posted: 06 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau BTN menerapkan digitalisasi pada proses pengelolaan Sumber Daya Manusia ( SDM), hal ini dilakukan untuk menyesuaikan transformasi digital yang dilakukan perseroan.

Direktur Strategic Human Capital Yossi Istanto mengatakan, BTN telah melakukan pembenahan mengelola pegawai atau SDM sebagai aset penting bagi perusahaan, dengan menerapkan digitalisasi agar handal meningkatkan produktivitas usaha di era industri 4.0.

"Inisiatif ini kami lakukan agar tercipta human capital yang handal dan mampu membawa BTN beradaptasi," kata Yossi, di Jakarta, Senin (7/10/2019).

 

Dia menyebutkan, inovasi yang dilakukan mulai dari proses perekrutan pegawai hingga pengembangan karir untuk menjadi pemimpin perseroan. Salah satu yang digagas adalah implementasi situs karir BTN yakni recruitment.btn.co.id untuk mendapatkan pegawai berkualitas.

Kanal ini dibangun untuk mendukung percepatan proses rekrutmen. Melalui platform ini, pelamar maupun BTN sebagai pihak penyedia Lapangan Kerja akan sangat terbantu dalam proses seleksi kandidat pegawai.

Para pelamar dapat dengan mudah mengajukan lamaran secara online dan mengirimkan berkas kelengkapan mereka secara digital. Selain itu, pelamar dapat melakukan seleksi otomatis Curiculum Vitae (CV) dan memantau progress hasil setiap tahapan seleksi yang mereka ikuti.

Bagi tim rekrutmen perseroan, aplikasi ini membantu dalam percepatan proses rekrutmen karena data dapat ditarik sewaktu-waktu serta proses seleksi awal pelamar dapat dijalankan.

"Melalui platform rekrutmen ini, BTN pun dapat menyebarkan informasi lowongan serta pengumuman hasil seleksi kepada setiap pelamar melalui SMS blast," tuturnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Pengembangan Aplikasi

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan Plaza KPR dan KPR Hotline di Jakarta, Selasa (12/12). contact center yang dibuka untuk memberikan segala informasi mengenai produk KPR baik subsidi maupun non-subsidi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Yossi menambahkan, BTN juga telah mengembangkan dan memiliki aplikasi Tl Talent Management System. Platform ini membantu mengelola karier pegawai sesuai dengan kinerja dan kompetensi masing-masing.

Melalui platform ini, Bank dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan pegawai di seluruh unit kerja, meminimalisir terjadinya kekosongan jabatan, serta memastikan proses promosi dan mutasi pegawai lebih objektif.

"Cara kerja platform didasarkan pada profile match up yang meliputi kesesuaian terhadap persyaratan jabatan, talent mapping, kesesuaian job family, kinerja, dan kompetensi pegawai," tandasnya.

Dengan inovasi digitalisasi pengelolaan SDM tersebut, Direktorat Human Capital BTN yang saat ini dipimpin oleh Yossi Istanto memperoleh berbagai penghargaan dalam berbagai ajang antara lain Indonesia Best Companies in Creating Leaders from within 2018 dan HR Excellence Award 2019 untuk kategori HR transformation, recruitment strategy, dan compensation & benefit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019: Semen Padang Jadi Ujian Pertama Tavares di Persija Jakarta

Posted: 06 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta dijadwalkan menjamu Semen Padang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Rabu (16/10/2019) WIB. Laga ini akan menjadi debut pelatih baru mereka, Edson Tavares.

Sebagai pelatih Persija, Tavares punya tugas berat. Pelatih asal Brasil itu diwajibkan mengangkat peringkat Persija Jakarta di klasemen Shopee Liga 1 2019.

Persija Jakarta saat ini berada di peringkat ke-14 klasemen sementara dengan 20 poin, hasil dari 4 menang, 8 imbang, dan 7 kalah. Macan Kemayoran juga telah kebobolan 22 gol dan baru memasukan 19 gol.

Semestinya, Tavares bisa debut lebih cepat bersama Persija Jakarta. Namun laga Persela (2/10/2019) dan melawan Borneo FC (6/10/2019) ditunda.

Alhasil, Tavares baru akan menguji racikannya di laga melawan Semen Padang. Laga debut yang pas lantaran Persija akan bermain di markas sendiri.

Namun Tavares patut waspada lantaran Semen Padang diprediksi bakal memberi perlawanan sengit. Tim berjuluk Kabau Sirah itu masih duduk sebagai juru kunci dengan 19 poin dari 21 laga.

Selain laga Persija Jakarta vs Semen Padang, masih ada beberapa laga lain yang juga tak kalah seru. Berikut jadwal lengkapnya.

 

Jadwal Shopee Liga 1 Indonesia

Pelatih berkebangsaan Brasil, Edson Tavares, resmi menangani Persija Jakarta. (Dok. Persija)

Rabu 16 Oktober 2019

15.30 WIB, Persija Jakarta vs Semen Padang

18.30 WIB, PSM Makassar vs Arema FC

Jumat 18 Oktober 2019

15.30 WIB PSS Sleman vs Kalteng Putra

15.30 WIB, Persela Lamongan vs PSIS Semarang

18.30 WIB, Borneo FC vs Bali United

Sabtu 19 Oktober 2019

Sabtu 19 Oktober 2019

15.30 WIB Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

18.30 WIB, Tira Persikabo vs Bhayangkara FC

Minggu 20 Oktober 2019

15.30 WIB, Semen Padang vs Madura United

18.30 WIB, Persipura Jayapura vs Arema FC

18.30 WIB, PSM Makassar vs Persija Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Perjalanan Kehamilan Irish Bella Sebelum Bayi Kembarnya Meninggal

Posted: 06 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni sedang dirundung duka. Menginjak usia kehamilan ke-6 bulan, bayi kembar yang dikandung perempuan berusia 23 tahun ini meninggal dunia pada Minggu (6/10/2019).

Bertempat di TPU Kalimulya 1 Depok, Jawa Barat, Minggu malam, Ammar Zoni dan beberapa orang terdekatnya memakamkan jenazah bayi kembar tersebut. Dengan mengenakan kaus hitam, Ammar Zoni berusaha tegar memakamkan kedua anaknya tanpa didampingi Irish Bella.

Sebelum mengalami keguguran, Irish Bella memang sempat dilarikan ke rumah sakit September lalu karena mengalami kontraksi dan pendarahan. Melalui informasi ayah Ammar Zoni, Suhendri Zoni, kedua bayi kembar Ammar Zoni dan Irish Bella bernama Ayura binti Akbar, dan Ayuna Khadijah binti Akbar.

Terkait kabar terkini kondisi Irish Bella, perempuan kelahiran Cirebon tersebut masih dalam kondisi drop dan belum siap bertemu banyak orang. Terlepas dari berita duka meninggalnya bayi kembar Irish Bella dan Ammar Zoni, keduanya senantiasa mengabarkan terkait kondisi kehamilannya, mulai dari mengumumkan hamil bayi kembar hingga menjalani foto maternity shoot.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @_irishbella_ dan YouTube Aish TV, momen kenangan kehamilan Irish Bella, Senin (7/10/2019).

1. Akhir Mei 2019, Irish Bella dan Ammar Zoni mengumumkan kehamilan anak pertama mereka.

Bayi Kembarnya Meninggal, Ini 7 Potret Perjalanan Kehamilan Irish Bella (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

2. Akhir Juni 2019, Irish Bella melakukan cek kandungan. Betapa bahagianya Irish Bella, saat di USG terlihat dua janin kembar.

Bayi Kembarnya Meninggal, Ini 7 Potret Perjalanan Kehamilan Irish Bella (sumber: YouTube Aish TV)

3. Ammar Zoni tak henti-hentinya mencium perut Irish Bella. Keduanya sudah tak sabar menanti lahirnya bayi kembar tersebut.

Bayi Kembarnya Meninggal, Ini 7 Potret Perjalanan Kehamilan Irish Bella (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

4. 26 Minggu usia kehamilan, Irish Bella sudah alami perubahan fisik seperti membengkaknya beberapa bagian tubuh dari kaki hingga wajah.

Bayi Kembarnya Meninggal, Ini 7 Potret Perjalanan Kehamilan Irish Bella (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

5. Tak lupa, Irish Bella dan Ammar Zoni mengadakan tasyakuran kehamilan bersama keluarga dan kerabat dekat.

Bayi Kembarnya Meninggal, Ini 7 Potret Perjalanan Kehamilan Irish Bella (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

6. Irish Bella dan Ammar Zoni sering melakukan maternity shoot untuk mengabadikan momen kehamilan Irish Bella.

Bayi Kembarnya Meninggal, Ini 7 Potret Perjalanan Kehamilan Irish Bella (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

7. Ini dia potret USG bayi kembar Irish Bella bernama Ayura dan Ayuna. Semoga keluarga Ammar Zoni dan Irish Bella selalu diberi ketabahan.

Bayi Kembarnya Meninggal, Ini 7 Potret Perjalanan Kehamilan Irish Bella (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Streaming Gala Premier Film SIN: Saat Kekasihmu Adalah Kakamu Sendiri Hanya di Vidio

Posted: 06 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - SIN: Saat kekasihmu adalah kakamu sendiri adalah sebuah film drama romantis. Film yang akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 10 Oktober 2019 ini, disutradarai oleh Herwin Novianto dan diproduksi oleh Falcon Pictures. 

Film yang dibintangi oleh Brayan Domani dan Mawar Eva de Jongh sebagai pemeran utama. Film SIN sendiri diangkat dari novel best seller karya Faradita tahun 2017.

Metta dan Raga seharusnya tidak jatuh cinta. Raga benci wanita yang terlalu banyak drama seperti Metta. Metta pun hanya ingin membuktikan bahwa Raga tidak ada bagusnya. Singkat cerita merekapun terjebak dalam perasaan yang mendalam. Rupayanya hubungan mereka berdua mempunyai hal yang tidak biasa, ternyata mereka berdua adalah saudara kandung.

Saksikan Streaming Gala Premier Film SIN :Saat kekasihmu adalah kakamu sendiri. Pada, Senin 7 Oktober 2019 pukul 16.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Panggil Pejabat Angkasa Pura Propertindo

Posted: 06 Oct 2019 09:40 PM PDT

Direktur PT Angkasa Pura Propertindo (APP) Wisnu Raharjo berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). Wisnu Raharjo dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama (Dirut) PT INTI Darman Mappangara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Angkasa Pura Propertindo (APP) Wisnu Raharjo berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). Wisnu Raharjo dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama (Dirut) PT INTI Darman Mappangara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Angkasa Pura Propertindo (APP) Wisnu Raharjo menunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). Wisnu Raharjo diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap proyek pengadaan pekerjaan baggage handling system (BHS) di 6 bandara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Angkasa Pura Propertindo (APP) Wisnu Raharjo menunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). Wisnu Raharjo diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap proyek pengadaan pekerjaan baggage handling system (BHS) di 6 bandara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Angkasa Pura Propertindo (APP) Wisnu Raharjo berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). Wisnu Raharjo dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama (Dirut) PT INTI Darman Mappangara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Angkasa Pura Propertindo (APP) Wisnu Raharjo berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). Wisnu Raharjo dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama (Dirut) PT INTI Darman Mappangara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Federico Valverde, Gelandang Real Madrid yang Tak Kenal Rasa Lelah

Posted: 06 Oct 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Madrid- Gelandang Real Madrid, Federico Valverde, menyedot perhatian saat melawan Granada di lanjutan Liga Spanyol, Sabtu (5/10/2019).

Federico Valverde, gelandang 21 tahun ini, terpilih sebagai pemain terbaik Real Madrid kala mengalahkan Granada 4-2 pada pekan ke-8 La Liga 2019/20. Permainan Valverde membuat Zinedine Zidane terkagum-kagum.

Valverde benar-benar menguasai lini tengah pada pertandingan tersebut. Dia melakukan segalanya dengan baik, tak kenal lelah. Valverde membantu pertahanan dengan gaya bermain agresif, lalu membantu membangun serangan lewat umpan presisi.

Pemain seperti Valverde inilah yang dibutuhkan Real Madrid saat ini. Zidane tahu Valverde merupakan salah satu pemain muda terbaik yang cocok dengan sepak bola modern.

Kebangkitan Valverde ini tentu merupakan kabar baik bagi Zidane di tengah rumor penurunan kualitas lini tengah Real Madrid.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Berkembang dan Memuaskan

Eden Hazard mencetak gol perdana bersama Real Madrid, sekaligus membawa timnya menang 4-2 atas Granada pada laga pekan kedelapan La Liga Spanyol, di Santiago Bernabeu, Sabtu (5/10/2019). (AP Photo/Bernat Armangue)

Zidane sangat puas dengan permainan Valverde. Ini bukan pertama kalinya Valverde mendapatkan kesempatan, tapi jelas laga ini menandai puncak permainannya. Valverde berlari nyaris sepanjang laga, menutup ruang, mengejar bola, dan membangun serangan.

"Saya senang untuk dia. Dia layak mendapatkannya, dia merupakan pemain yang selalu membuktikan betapa hebatnya dia. Dia masih terus berkembang," buka Zidane di Realmadrid.com.

"Dia melakukan segalanya dengan sangat baik dan dia selalu bergerak ke depan, dia ingin mendapatkan bola dan akhirnya terlibat pada salah satu gol kami."

Berlari Sampai Habis Napas

Bermain seperti Valverde bukan hal mudah. Dia harus memiliki stamina tinggi dan mentalitas kuat untuk terus berjuang. Valverde sendiri mengaku senang bisa dipercaya Zidane pada laga sepenting itu.

"Bisa berkontribusi untuk tim merupakan nilai plus dan saya selalu mencoba memberikan yang terbaik," tutur Valverde.

"Saya akan selalu berlari sampai kaki saya tidak mampu lagi. Hari ini kami bermain baik, pelatih membuat saya percaya diri dan saya merasa tenang serta bahagia," ujarnya.

Valverde tampak seperti paket komplet untuk Real Madrid. Sejak awal sampai akhir, dia bisa membawa bola dengan baik. Dia bertahan dan menyerang tak kenal lelah.

Sumber: Realmadrid

Disadur dari Bola.net (Richard Andreas, published 6/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu di Istana Bogor, Jokowi-PM Belanda Mark Rutte Kompak Berbatik

Posted: 06 Oct 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (7/10/2019). Ini merupakan kedua kalinya Rutte mengunjungi Indonesia, setelah 2016 silam.

Berdasarkan pantauan, Rutte tiba di Istana Bogor pukul 11.00 WIB dengan disambut oleh Jokowi. Di sana, juga telah menunggu barisan anak-anak SD yang mengenakan pakaian adat Indonesia. Mereka turut menyambut PM Rutte dan rombongan.

"Welcome to Indonesia, welcome to Indonesia," ucap anak-anak menyambut kedatangan Rutte.

Dalam kunjungan resmi kali ini, Jokowi dan Rutte kompak mengenakan baju batik lengan panjang. Hal ini berbeda saat menerima tamu negara lain, di mana Jokowi lebih sering mengenakan setelan jas lengkap.

Bukan hanya Rutte saja, rombongan dari negara kincir angin itu pun mengenakan baju batik. Begitu pula dengan menteri kabinet kerja yang ikut mendampingi Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi tampak mengajak Mark Rutte menuju Teratai Hall Istana Kepresidenan Bogor untuk mengisi buku tamu. Keduanya lalu melakukan Veranda Talk atau berbincang santai.

Jokowi dan Mark Rutte kemudian menanam pohon Damar di kawasan Istana Kepresidenan Bogor. PM Rutte sempat melihat-lihat beberapa pohon yang pernah ditanam oleh Kepala Negara lainnya.

Bahas Kerja Sama Strategis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, pertemuan Jokowi dan Rutte untuk membahas kerja sama strategis RI-Belanda berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif.

Dalam lawatan kali ini, Rutte didampingi oleh Penasehat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.

Sementara itu, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala BNPT Suhadi Alius.

Sebagai informasi, kunjungan Rutte ke Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke Asia Tenggara dan Pasifik. Selanjutnya Rutte akan terbang ke Selandia Baru dan Australia.

Rutte terakhir berkunjung ke Indonesia pada November 2016. Kala itu, dia datang membawa 200 pengusaha negeri kincir angin. Rutte juga turut memberikan keris ke Jokowi sebagai simbol pengembalian 1.500 artefak ke Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Haru Saat Ammar Zoni Memakamkan Putri Kembarnya

Posted: 06 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka baru saja datang dari pasangan selebriti Tanah Air, irish Bella dan Ammar Zoni. Irish Bella yang tengah hamil anak kembar perempuan terpaksa harus menerima kabar pahit saat kedua putri kembarnya dinyatakan meninggal dalam kandungan, Minggu (6/10/2019). 

Apalagi usia kandungan Irish Bella telah berumur 6 bulan. Sebuah umur kandungan yang tak lama akan lahir. Kabar duka ini pun tak hanya membuat pasangan ini sedih. Namun keluarga serta penggemar setia dari pasangan pesinetron ini pun juga turut bersedih.

Jenazah bayi kembar yang telah memiliki nama Aiona Aisyah Bella Akbar dan Aiora Khadijah Bella Akbar ini pun disemayamkan di TPU Kalimulya 1 Depok, Jawa Barat pada Minggu malam. Terlihat pada sebuah unggah di media sosial Instagram fanbase @support.aish, momen-momen Ammar Zoni saat memakamkan kedua anaknya.

Ammar Zoni terlihat membopong anak kembarnya yang telah dibalut kain kafan ke liang lahat. Lalu setelah disemayamkan, Ammar Zoni pun menaburkan bunga pada makam anaknya tersebut.

Berikut 6 momen haru saat Ammar Zoni memakamkan kedua anak kembarnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019)

1. Ammar Zoni bersama rekan yang lainnya menyolatkan kedua anak kembarnya.

Ammar Zoni saat memakamkan anaknya (Sumber: Instagram/  rusmiati.tati_591)

2. Ia pun turun langsung ke liang lahat untuk menyemayamkan anaknya

Ammar Zoni saat memakamkan anaknya (Sumber: Instagram/fanny_valia93)

3. Meski dalam kesedihan, Ammar Zoni tetap tegar dalam menyemayamkan kedua anaknya

Ammar Zoni saat memakamkan anaknya (Sumber: Instagram/support.aish)

4. Acara pemakaman ini pun dilakukan pada minggu malam di TPU Kalimulya 1 Depok, Jawa Barat

Ammar Zoni saat memakamkan anaknya (Sumber: Instagram/support.aish)

5. Selesai memakamkan, Ammar Zoni pun menaburkan bunga pada makam kedua anaknya.

Ammar Zoni saat memakamkan anaknya (Sumber: Instagram/support.aish)

6. Kedua anak Ammar Zoni dan Irish Bella ini pun memiliki nama Aiona Aisyah Bella Akbar dan Aiora Khadijah Bella Akbar.

Ammar Zoni saat memakamkan anaknya (Sumber: Instagram/support.aish)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dendy Mikes Pernah Jadi Presenter Acara Televisi

Posted: 06 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Musikus Dendi Mulya Pasha, atau yang dikenal dengan Dendy Mikes, meninggal dunia pada Minggu (6/10/2019). Mantan vokalis Kunci ini mengalami serangan jantung dan sempat dilarikan ke rumah sakit hingga napas terakhirnya.

Kepergian Dendy Mikes sempat mengejutkan beberapa sahabat dan rekan-rekannya yang lain. Berbagai kenangan saat Dendy masih di dunia pun bermunculan di media sosial.

Salah satunya dari Febry Meuthia, mantan produser program Hip Hip Hura di SCTV. Via Facebook, ia mengenang kiprah Dendy Mikes sebagai presenter di acaranya.

Sambil mengutip sepenggal lirik lagu Kunci, "Hidup Hanya Sekali", ia menuliskan, "'Karena Hidup, tak lebih hanya sekali' Aku kenal Dendy sejak jadi vocalis Kunci, pernah juga aku jadiin MC di programku Hip Hip Hura. Kemarin Dendy sudah mendahului kita. Selamat jalan Den, tenang di sana ya," tulis Febry.

Reaksi Teman Satu Band

Dendy Mikes vokalis band Mikes meninggal dunia, Minggu (6/10/2019) malam (istimewa)

Kepergian Dendy Mikes cukup memukul rekan satu bandnya, Marko Mikes. Lewat Instagram, Marko membuat pernyataan resmi atas meninggalnya Dendy Mikes yang sedang berkiprah dengannya di band Mike's Apartment. Menurut Marko, Dendy Mikes meninggal akibat terkena serangan jantung. 

"Dia terkena serangan jantung. Jenazahnya sudah dimandikan, saat ini sedang disemayamkan di rumah duka, alamatnya sudah kami share (di kawasan Tangerang Selatan)," ungkap Marko Mikes dikutip Liputan6.com, Senin (7/10/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Apple Bakal Perbaiki iPhone 6s Secara Gratis Paling Hits

Posted: 06 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Apple mengakui ada komponen yang dapat membuat sejumlah iPhone 6s dan iPhone 6s Plus mati total.

Karena hal tersebut, perusahaan pun menawarkan untuk mengganti komponen tersebut secara gratis ke pengguna dua seri iPhone itu. Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (6/10/2019) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari Jepang menerbangkan robot luar angkasa ke asteroid Ryugu, dan fitur Social Share di Pixel 4.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut di kanal Tekno Liputan6.com ini.

1. Apple Tawarkan Perbaikan Gratis untuk iPhone 6s yang Mati Total

Apple mengakui ada komponen yang dapat menyebabkan beberapa iPhone 6s dan 6s Plus mati total.

Saat ini perusahaan menawarkan untuk mengganti komponen misterius itu secara gratis lewat program perbaikan baru.

Namun, Apple tidak menjelaskan secara detail soal komponen mana yang menyebabkan masalah tersebut. Demikian seperti dikutip dari The Verge, Minggu (6/10/2019).

Baca selengkapnya di sini

 

2. Jepang Terbangkan Robot Luar Angkasa ke Asteroid Ryugu

Pesawat luar angkasa (probe) Jepang Hayabusa 2 telah tiba di asteroid Ryugu pada Juni, tahun lalu. Pesawat ini diluncurkan oleh lembaga antariksa Jepang, JAXA.

Selama berbulan-bulan, pesawat luar angkasa ini telah mengorbit di sekitar asteroid Ryugu. Banyak informasi seputar asteroid ini yang telah didapatkan.

Hayabusa 2 juga telah berhasil memfoto, menembakkan proyektil ke asteroid, mengambil sampel asteroid ini dan mengirimnya kembali untuk dipelajari oleh para ilmuwan di Bumi.

Baca selengkapnya di sini

3. Google Pixel 4 Bakal Punya Fitur Social Share, Apa Itu?

Google dijadwalkan bakal mengungkap smartphone teranyarnya, Pixel 4, pada 15 Oktober 2019.

Jelang peluncuran, deretan informasi tentang perangkat baru Google ini sudah marak beredar di internet. Deretan foto bodi Pixel 4 dan hasil kamera smartphone inipun sudah ramai di dunia maya.

Lalu informasi apalagi yang belum diketahui dari Google Pixel 4? Berdasarkan laporan XDA-Developers, aplikasi kamera di Pixel 4 akan memiliki fitur bernama Social Share.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seminggu Debut, Joker Untung Besar di Seluruh Dunia

Posted: 06 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta FIlm Joker terus menjadi buah bibir di seluruh dunia. Kesuksesan Joker juga terlihat dari pendapatan an jumlah penontonnya yang terus meningkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bangun 6 Kota Metropolitan di Luar Jawa

Posted: 06 Oct 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan akan terus mendukung pengembangan kota-kota di luar Pulau Jawa.

Sebanyak enam kota diantaranya yang menjadi fokus yakni Palembang, Banjarmasin, Makassar, Manado, Denpasar, termasuk calon Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dia mengatakan, pengembangan kota metropolitan di luar Pulau Jawa tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pemerataan pembangunan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Dengan adanya pengembangan kota metropolitan tersebut diharapkan dapat menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi lebih besar pada peningkatan PDB (Produk Domestik Bruto) nasional," kata Menteri Basuki dalam sebuah keterangan tertulis, Senin (7/10/2019).

Mengutip kajian milik Bappenas, ia menyebutkan, bahwa di Indonesia, setiap pertumbuhan 1 persen penduduk perkotaan akan meningkatkan 1,4 persen PDB per kapita di Indonesia. Hal ini lebih rendah dari pertumbuhan Tiongkok di mana setiap pertumbuhan 1 persen penduduk berkontribusi minimal 3 persen PDB per kapita ataupun di Asia Timur dan Pasifik sebesar 2.7 persen.

"Artinya, Indonesia belum cukup efisien dan produktif dibanding negara-negara tetangga," cibir Menteri Basuki.

Pembangunan kota-kota di luar Pulau Jawa juga untuk melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang telah membangun fondasi pembangunan yang lebih tangguh, produktif, dan merata.

"Fondasi bagi pembangunan Indonesiasentris, bukan Jawasentris. Salah satunya dalam percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia," ujar dia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Pengelolaan Urbanisasi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono memberikan penjelasan terkait penembakan terhadap 31 pekerja yang tengah membangun Trans Papua saat konferensi pers di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (4/12). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Berkaitan hal tersebut, ia menganggap, diperlukan pengelolaan urbanisasi secara optimal agar kota-kota metropolitan yang dikembangkan tersebut atraktif untuk investasi. Seiring dengan hal tersebut, Menteri Basuki juga mengatakan pemerintah tengah mengevaluasi dan merelaksasi semua aturan yang dinilai menghambat investasi dengan omnibus law.

Tak hanya itu, ia menambahkan, urbanisasi bukan lagi dianggap sebagai beban, melainkan kesempatan untuk berkembang. Asalkan pelaksanaan urbanisasi dilakukan dengan memenuhi tiga syarat, yakni direncanakan dengan matang (well-planned), didukung oleh regulasi yang mantap (well-regulated), dan dibiayai secara terencana dengan cermat (well-financed).

"Melalui planning, regulasi, dan finance yang baik, urbanisasi bukan lagi beban, tetapi menjadi engine of growth," papar Menteri Basuki.

Selain itu, ia juga menganggap, perkembangan kota dan urbanisasi telah mengubah perilaku dan perekonomian masyarakat setempat. Dia memberi contoh, pembangunan Tol Trans Jawa telah mengubah pola perilaku masyarakat. Kawasan industri baru bermunculan mulai dari Subang, Kendal, Ngawi hingga Pasuruan.

"Informasi dari Asian Development Bank (ADB) menunjukkan foto satelit Pulau Jawa di malam hari yang terangnya mengikuti pola jalan tol. Kawasan sepanjang koridor tol Trans Jawa sudah menjadi engine of growth-nya Pulau Jawa," pungkas Menteri Basuki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bupati Lampung Utara Hasil OTT Tiba di Gedung KPK

Posted: 06 Oct 2019 09:26 PM PDT

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (kiri) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK melakukan OTT terhadap Agung terkait dugaan suap proyek di Dinas PU atau Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) di Lampung Utara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (kiri) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK melakukan OTT terhadap Agung terkait dugaan suap proyek di Dinas PU atau Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) di Lampung Utara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (tengah) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK mengamankan Agung dan enam orang lainnya berikut uang Rp 600 juta setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Minggu (6/10) malam. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (tengah) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK mengamankan Agung dan enam orang lainnya berikut uang Rp 600 juta setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Minggu (6/10) malam. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (jaket hitam) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK melakukan OTT terhadap Agung terkait dugaan suap proyek di Dinas PU atau Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) di Lampung Utara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (jaket hitam) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK melakukan OTT terhadap Agung terkait dugaan suap proyek di Dinas PU atau Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) di Lampung Utara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (jaket hitam) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK mengamankan Agung dan enam orang lainnya berikut uang Rp 600 juta setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Minggu (6/10) malam. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (jaket hitam) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK mengamankan Agung dan enam orang lainnya berikut uang Rp 600 juta setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Minggu (6/10) malam. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (tengah) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Senin (7/10/2019). KPK melakukan OTT terhadap Agung terkait dugaan suap proyek di Dinas PU atau Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) di Lampung Utara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (tengah) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Senin (7/10/2019). KPK melakukan OTT terhadap Agung terkait dugaan suap proyek di Dinas PU atau Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) di Lampung Utara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (tengah) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK mengamankan Agung dan enam orang lainnya berikut uang Rp 600 juta setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Minggu (6/10) malam. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (tengah) dikawal petugas setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). KPK mengamankan Agung dan enam orang lainnya berikut uang Rp 600 juta setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Minggu (6/10) malam. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Romantis Tania Nadira dan Suami Bulan Madu Keliling Eropa

Posted: 06 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah menggelar pesta pernikahan secara meriah nan mewah, kini mantan istri Tommy Kurniawan, Tania Nadira dan suami tengah berbulan madu ke Eropa. Mantan istri pesinetron Tommy Kurniawan itu memilih Eropa karena ada keluarganya yang tinggal di Benua Biru tersebut.

Tak semewah pernikahannya, selama berkeliling Eropa Tania Nadira dan Alwi memutuskan untuk semi backpacker.

"Bisa dibilang ini semi backpacker. Jadi nginepnya di hotel bintang tiga, hotel bintang empatlah," kata Tania saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat, 9 Agustus 2019 silam. 

Dari laman Instagram pribadinya, diketahui Tania jalan-jalan di Denmark, Swedia dan Praha. Penasaran seperti apa momen romantis Tania dan suami? Dilansir dari akun Instagram Tania, berikut Liputan6.com ulas 6 momen romantis bulan madu Tania Nadira dan Abdulla Alwi, Senin (7/10/2019).

1. Tak semewah pernikahannya, selama berkeliling Eropa Tania dan Alwi memutuskan untuk semi backpacker.

Tania Nadira dan Suami Bulan Madu (Sumber: Instagram/@tanianadiraa)

2. Momen mesra Tania dan Alwi saat di Denmark.

Tania Nadira dan Suami Bulan Madu (Sumber: Instagram/@tanianadiraa)

3. Tak lupa mereka juga berkunjung ke Frederiksborg, kastil yang menjadi ciri khas Denmark.

Tania Nadira dan Suami Bulan Madu (Sumber: Instagram/@tanianadiraa)

4. Pakai baju yang senada saat menikmati malam romantis di Stockholm, Swedia.

Tania Nadira dan Suami Bulan Madu (Sumber: Instagram/@tanianadiraa)

5. Pasangan ini menikamti momen manisnya di kota tua, Praha.

Tania Nadira dan Suami Bulan Madu (Sumber: Instagram/@tanianadiraa)

6. Melihat matahari terbenam di Praha, sweet banget ya!

Tania Nadira dan Suami Bulan Madu (Sumber: Instagram/@tanianadiraa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Favorit untuk Rekrut Van de Beek, Real Madrid Kini Dekati Kante

Posted: 06 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid favorit untuk mendatangkan gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek di akhir musim ini. Hal itu setelah Ajax menolak tawaran yang dilemparkan Manchester United (MU) untuk pemain berusia 22 tahun itu.

Dana 100 juta pound sterling bakal disiapkan Real Madrid demi mendaratkan Van de Beek. Los Blancos tidak ingin berlama-lama dalam negosiasi dengan Ajax, karena khawatir sang pemain disambar klub lain.

Van de Beek merupakan pemain jebolan akademi Ajax yang terkenal itu. Dia sempat membawa Ajax ke partai final Liga Europa 2017, sebelum dikalahkan Manchester United dengan skor 0-2.

Kemudian, musim lalu Van de Beek juga membantu Ajax melaju hingga semifinal Liga Champions. Sayang, langkah klub raksasa Eredivisie tersebut dijegal Tottenham Hotspur secara dramatis.

Dia telah berkembang menjadi salah satu gelandang pencetak gol terbanyak di Eropa. Tak heran, klub-klub besar Eropa pun berebut untuk mendapatkan tanda tangannya pada bursa transfer musim panas tahun depan. Selain Van de Beek, Real Madrid juga tertarik merekrut gelandang Chelsea, N'Golo Kante. El Real mesti bersaing dengan Juventus, yang juga menjadi peminat serius untuk pemain Timnas Prancis tersebut.

Diario Sport menindaklanjuti laporan awal pekan ini di El Desmarque bahwa Kante masuk radar Real Madrid. Kante dinilai pemain yang dibutuhkan Zinedine Zidane untuk menutup celah di lini tengah Los Blancos.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Pengagum Kante

Donny Van De Beek, pemain binaan Ajax Amsterdam yang mendapat ketertarikan dari klub-klub besar Eropa. (AFP/Filippe Monteforte)

Kante memenangkan gelar Liga Premier Inggris berturut-turut dengan Leicester City dan Chelsea, sebelum dia memenangkan Piala Dunia 2018 bersama Prancis di bawah asuhan Didier Deschamps.

Gelandang berusia 28 tahun ini sekarang menjadi pemain bintang di klub London Barat tersebut, setelah kepindahan Eden Hazard ke Real Madrid musim panas ini. Zidane diketahui juga pengagum berat permainan Kante.

 

Bayar Mahal

Performa Casemiro yang menurun musim ini juga menjadi salah satu penyebab Real Madrid mendekati Kante. Tapi, klub ibu kota Spanyol itu jelas harus merogoh kocek dalam-dalam apabila hendak mendaratkan Kante.

Saksikan video pilihan di bwah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elek Yo Band Beraksi di Acara Temu Kangen Keluarga Universitas Gadjah Mada

Posted: 06 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Elek Yo Band yang diperkuat para menteri Kabinet Kerja manggung di acara Temu Kangen Kagama (Keluarga Universitas Gadjah Mada) DKI Jakarta 2019.

Acara temu kangen digelar di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta, Minggu (6/10/2019). Temu Kangen Kagama 2019 dihelat Pengurus Daerah Keluarga Universitas Gadjah Mada DKI Jakarta bekerja sama dengan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Keluarga Alumni Fakultas Psikologi UGM.

Pemain bas Elek Yo Band, Budi Karya Sumadi, menjelaskan band-nya membawakan 4 lagu. "Elek Yo Band membawakan lagu 'Aku Papua,' 'Bendera,' 'Sajojo,' dan sebuah lagu daerah dari Papua," ujar Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, kepada Showbiz Liputan6.com

Tema Papua diusung bukan tanpa alasan. Budi dan para sahabat prihatin karena ada pihak-pihak yang mempertanyakan persatuan Indonesia. "Padahal kemarin saya melawat Papua, penduduk mengeluhkan orang-orang yang mengacau dan membuat Papua berkonflik. Makanya hari ini Elek Yo Band mengusung tema Papua," imbuhnya.

 

 

Tak Bicara Politik

Elek Yo Band feat Tantowi yahya dan Yuni Shara dalam konser kemanusiaan untuk gempa Palu dan Donggala. (Istimewa)

Elek Yo Band mengajak para peserta temu kangen dan masyarakat melangkah bersama serta bergandengan tangan. "Mari memperlihatkan bahwa kita punya konsep bernegara, sejenak kita tidak ngomong politik dulu. (Semestinya) persatuan Indonesia bagian dari keseharian kita," terang Budi Karya.

Ini sejalan dengan tema temu kangen Kagama DKI Jakarta 2019 yakni "Sing Penting Guyub Rukun." Temu Kangen Kagama DKI Jakarta merupakan tradisi yang dirintis sejak 7 tahun lalu untuk merekatkan hubungan antaralumni.

 "Ini tradisi sejak tujuh tahun lalu. Saat itu saya masih jadi Dirut Ancol dan ketua Kagama DKI Jakarta. Saya pikir acara ini sangat berkesan. Yang berkesan, semua yang ada di sini memanggil saya Mas. Saya memanggil peserta lain juga Mas atau Mbak. Enggak ada yang namanya Pak," Budi Karya menjelaskan.

 

 

Java Jazz Festival 2018

Java Jazz Festival 2018 (Bambang E. Ros/bintang.com)

Temu Kangen Kagama DKI Jakarta 2019 membuat Budi Karya serasa memiliki dunia lain di luar dunia birokrasi. "Dunia ini saya butuhkan, ada kebersamaan yang menyenangkan," ujar menteri kelahiran Palembang, 18 Desember 1956. 

Sebagai informasi, Elek Yo Band makin dikenal publik sejak tampil di Java Jazz Festival 2018 di JiExpo Kemayoran Jakarta. Tampil pada hari pertama, Jumat (2/3/2018), kala itu Elek Yo Band diperkuat Ketua Badan Ekonomi dan Industri Kreatif, Triawan Munaf (kibor), Budi Karya Sumadi (bas), Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakari (gitar dan vokal), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (vokal), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (drum), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (vokal). (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Sebut Pembagian AKD Dibahas Musyawarah Mufakat

Posted: 06 Oct 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR tengah menyusun alat kelengkapan dewan (AKD). Pimpinan DPR akan melakukan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi untuk membahas penentuan alat kelengkapan dewan.

"Kemudian diteruskan rapat konsultasi dengan para pimpinan fraksi terkait dengan penentuan AKD AKD," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019).

Rapat konsultasi itu akan menentukan berapa pimpinan dan anggota yang masuk ke setiap komisi di DPR. Puan menyebut, meski berdasarkan UU MD3 pimpinan komisi dibagi proporsional sesuai perolehan kursi, prosesnya akan dilakukan musyawarah mufakat.

"Ya sesuai dengan UU MD3 kan memang semua itu akan proporsional sesuai dengan perolehan kursi atau suara saat pemilu. Namun saya berharap bahwa semua proses ini tetap saja akan kita lakukan secara musyawarah mufakat," kata Puan.

Politikus PDI Perjuangan itu berharap, tidak kembali terjadi proses pembagian kekuasaan seperti waktu DPR 2014. Di mana, pimpinan DPR hingga AKD dikuasai partai politik koalisi suara mayoritas, yaitu Koalisi Merah Putih pendukung Prabowo-Hatta.

Luka Sejarah

Puan Maharani memberikan pidato pertamanya sebagai Ketua DPR RI 2019-2024 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Sesuai hasil rapat konsultasi dan perwakilan parpol pimpinan DPR Puan Maharani dari PDIP resmi sebagai Ketua DPR RI. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Puan mengatakan, pengalaman tersebut menjadi luka sejarah karena proses pemilu menjadi berantakan.

"Karena kemudian kita tidak saling menghargai dan menghormati. Karenanya ke depan ini kita harus saling menghormati dan menghargai," pungkasnya.

Alat kelengkapan dewan memiliki 11 komisi. Serta, badan pendukung yaitu Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN), Badan Anggaran (Banggar), Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKASP), Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), dan Badan Legislasi (Baleg).

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cadangan Devisa September 2019 Turun karena Pembayaran Utang Pemerintah

Posted: 06 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2019 sebesar USD 124,3 miliar, cukup tinggi meskipun lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir Agustus 2019 yang sebesar USD 126,4 miliar.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 7,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah.

"Selain itu juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin (7/10/2019).

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Penurunan cadangan devisa pada September 2019 tersebut terutama dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri Pemerintah dan berkurangnya penempatan valas perbankan di Bank Indonesia.

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Penerbitan Panda Bond Bisa Tambah Cadangan Devisa

Ilustrasi Bank Indonesia

Sebelumnya, Kementerian Keuangan membuka peluang untuk menerbitkan obligasi atau Surat Berharga Negara (SBN) yang berdenominasi renminbi China atau Panda Bond. Dalam prosesnya, Kemenkeu masih terus melakukan kajian dan persiapan bersama Bank Indonesia (BI).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, penerbitan obligasi pemerintah atau SBN berdenominasi mata uang asing dapat menambah devisa negara. Adapun SBN asing tersebut diantaranya adalah dolar AS (Global Bond), euro (Euro Bond), yen (Samurai Bond), maupun renminbi (Panda Bond).

"Bond itu kan akan menambah penerimaan pemerintah dalam bentuk valuta asing. Kalau penerimaan dalam bentuk valuta asing kan nanti akan masuk ke rekening pemerintah di BI, akan meningkatkan cadangan devisa, dan itu akan juga memperkuat stabilitas nilai tukar rupiah," kata dia, di mesjid kompleks gedung BI, Jakarta, pada Jumat 26 Juli 2019. 

Perry mengungkapkan hingga saat ini tak ada persiapan khusus mengenai penerbitan Panda Bond tersebut. Prosesnya sama seperti persiapan dalam penerbitan obligasiyang lain.

Dia menegaskan Pemerintah, BI, dan OJK akan selalu berkoordinasi untuk setiap penerbitan instrumen investasi negara tersebut.

"Persiapan itu terus-terusan, enggak ada sesuatu yang persiapan khusus. Ini sudah pelaksanaannya secara reguler, apakah bentuknya dolar AS, euro, sukuk, Samurai, Panda dan segala macam itu adalah sesuatu yang reguler. Bedanya ini karena Panda baru pertama kali, itu saja," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kekompakan Vino G Bastian dan Marsha Timothy Bareng Putrinya

Posted: 06 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal aktor Vino G Bastian dan istrinya yang juga seorang artis, Marsha Timothy? Pasangan ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena sering bermain film layar lebar. Tak hanya itu, pasangan ini juga telah beberapa kali bermain FTV. 

Saling kenal selama 5 tahun, keduanya baru berpacaran pada 2011 lalu. Tepat pada Oktober 2012, keduanya resmi menikah. Dari pernikahan tersebut, Vino G Bastian dan Marsha dikaruniai putri cantik bernama Jizzy Pearl Bastian.

Dikenal sebagai aktor dan aktris terkenal, tak membuat Vino dan Marsha melupakan kewajibannya sebagai orangtua. Bahkan mereka mengurus sendiri keperluan sang buah hati. 

Pasangan ini sering meluangkan waktu bersama untuk liburan terutama bagi Jizzy. Putrinya yang kini sudah menginjak usia 7 tahun, bahkan pernah dibawa oleh Vino dan Marsha ke lokasi syuting. Sama-sama membintangi film Wiro Sableng, Jizzy tampak ikut dengan orangtuanya dilihat dari unggahan di Instagram milik Marsha dan Vino.

Dirangkum Liputan6.com, Senin (7/10/2019) dari akun Instagram masing-masing, berikut ini 6 potret kebersamaan Vino G Bastian dan Marsha Timothy bersama sang buah hati, Jizzy yang selalu kompak dan seru. 

1. Momen saat Vino dan Marsha menyambut tahun baru bersama dengan Jizzy bermain kembang api.

7 tahun menikah, Vino Bastian dan Marsha Timothy selalu tampil kompak. (Sumber: Instagram/@marshatimothy)

2. Jizzy Pearl Bastian, putri cantik Vino dan Marsha yang lahir pada 12 Juli 2013.

7 tahun menikah, Vino Bastian dan Marsha Timothy selalu tampil kompak. (Sumber: Instagram/@marshatimothy)

3. Meski sibuk dengan syuting film, keduanya tetap kompak saat bersama sang buah hati.

7 tahun menikah, Vino Bastian dan Marsha Timothy selalu tampil kompak. (Sumber: Instagram/@vinogbastian_)

4. Tak jarang Vino dan Marsha sering berlibur bersama nih!

7 tahun menikah, Vino Bastian dan Marsha Timothy selalu tampil kompak. (Sumber: Instagram/@vinogbastian_)

5. Vino maupun Marsha sering bagikan momen kebersamaan mereka di media sosial.

7 tahun menikah, Vino Bastian dan Marsha Timothy selalu tampil kompak. (Sumber: Instagram/@vinogbastian_)

6. Bahkan pasangan ini pernah membawa Jizzy ke lokasi syuting film Wiro Sableng lho!

7 tahun menikah, Vino Bastian dan Marsha Timothy selalu tampil kompak. (Sumber: Instagram/@vinogbastian_)

7. Biar kompak, Jizzy juga dapat piala nih seperti ayah dan ibunya!

7 tahun menikah, Vino Bastian dan Marsha Timothy selalu tampil kompak. (Sumber: Instagram/@vinogbastian_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inisial Kalung Perak Taylor Swift Mengundang Tanda Tanya

Posted: 06 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Taylor Swift kembali mencuri perhatian. Kali ini lewat kalung silver yang dikenakan saat hadir di Saturday Night Live, beberapa waktu lalu. Inisial 'J' yang tertera di liontin kalung perempuan 29 tahun tersebut membuat publik bertanya-tanya.

Dugaan terkuatnya, inisial tersebut mengarah pada kekasih Taylor, Joe Alwyn. Melansir dari People, Senin (7/10/2019), kalung, diduga keluaran Tiffany & Co., ini pertama kali muncul pada 2017 saat Taylor jadi bridesmaid di pernikahan sahabatnya, Abigail Anderson.

Kala itu, Taylor telah dikabarkan berkencan dengan Joe selama beberapa bulan. Kalung berdesain sederhana ini kemudian muncul lagi sebagai gaya konstan kala Taylor Swift melakukan tur promo Reputation.

Juga, tampak di video klip Delicate, di mana kalung itu disentuhnya ketika menyanyikan lirik 'He must like me for me', yang kemudian membuat para penggemar heboh.

Kalung yang sama kembali terlihat saat Taylor membawakan lagu Call It What You Want dengan lirik 'I want to wear his initial in a chain 'round my neck. Not because he owns me. But, because he really knows me'.

Ya, belakangan, Taylor Swift memang tak lagi menutupi siapa yang tengah merebut hatinya. Ia mengabarkan pada dunia, menyanyikan di lagu-lagunya, bahkan sesederhana memakai kalung dengan insisial nama kekasih hatinya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Bisa dari Berbagai Merek

Taylor Swift dan Joe Alwyn. (Splash News)

Kalung inisial seperti yang dipakai Taylor Swft nyatanya tak hanya dikeluarkan satu merek ternama saja. Dirangkumkan People, ada beberapa perusahaan yang memiliki produk serupa.

Kate Spade New York membanderol kalung inisal di harga 58 dolar Amerika atau setara Rp821 ribu. Lalu, Tiffany & Co. sebgai perusahaan diduga memproduksi kalung dikenakan Taylor, menghargai perhiasan tersebut di angka 80 dolar Amerika atau Rp1,1 juta.

Lalu, ada dari Jewlr dengan harga 59 dolar Amerika atau Rp835 ribu, 98 dolar Amerika atau Rp1,4 juta untuk kalung keluaran Sarah Chloe, serta Moon & Lola dengan hanya 14 dolar Amerika atau Rp198 ribu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potensi Kerja Sama Indonesia dan Jerman soal Mobil Listrik

Posted: 06 Oct 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembahasan kendaraan listrik menjadi topik menarik saat pertemuan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Perdana Menteri Negara Bafian Niedersachsen, Jerman, Stephen Weil.

"Jadi dia itu melihat mobil listrik, melihat Indonesia menjadi picture dari mobil listrik. Mereka juga akan masuk ke sini, mereka minta jelaskan rencana Indonesia," jelas Luhut, Kamis (3/10/2019), disitat dari Merdeka.com.

Sementara itu, Weil mengakui kedatangannya memang untuk berdiskusi lebih banyak tentang perkembangan yang ada di Indonesia.

"Ini pertama kali saya bertemu dengan Pak Luhut. Kita bicara soal potensi kerja sama Indonesia dan Jerman, mulai dari manajemen sampah sampai industri mobil," tukas Weil.

 

 

Belum Ada Hasil Konkret

Lebih lanjut, Weil mengatakan terkesan dengan perkembangan mobil listrik di Indonesia. Weil pun mengaku tertarik soal kerja sama di sektor kendaraan listrik.

Kita punya pabrik mobil, Volkswagen salah satu yang terpenting di Lower Saxony. Saya optimistis ada kerja sama dalam hal ini, kata Weil.

Namun, belum ada persetujuan apa pun saat pertemuan perdana kali ini. Pertemuan selanjutnya dari kedua negara akan dilakukan dalam waktu dekat.

Kami sepakat dalam banyak hal, tapi ini diskusi pertama. Belum ada hasil konkretnya. Ia menegaskan Luhut akan datang ke Jerman untuk melanjutkan diskusi.

Sumber: Merdeka.com

  

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Idol K-Pop Pertama Model Majalah Playboy

Posted: 06 Oct 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan personal K-Pop Winner Nam Taehyun jadi model Playboy di Korea. Ia tampil jadi model edisi perdana edisi September 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ingat Ria Enes dan Susan? Ini 6 Potret Terbarunya yang Awet Muda

Posted: 06 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu generasi 90-an pasti sudah tidak asing dengan Ria Enes dan bonekanya yang bernama Susan. Keduanya dulu adalah salah satu ikon dunia hiburan yang begitu dicintai anak-anak. Ria Enes dan Boneka Susan hingga saat ini masih selalu terngiang di pikiran para penggemarnya.

Penampilannya pun begitu ceria, keduanya menghibur penonoton lewat cerita dongeng maupun lagu anak. Tak hanya itu, wanita kelahiran Malang, 29 Juni 1968 ini mampu membuat karakter Susan dengan suara dalamnya yang terkesan sedikit nakal, tak mau diam, logat medok hingga menjadi pintar dan penurut.

Kini Ria Enes sudah jarang tampil di layar kaca, ternyata ia aktif di media sosial. Bahkan saat ini juga tergabung dalam Komunitas Selamatkan Lagu Anak. Tak hanya sendiri, ia bersama mantan artis cilik lainnya menggagas komunitas tersebut.

Melalui akun instagramnya, Ria Enes terlihat fokus dengan pendidikan anak usia dini. Ia juga beberapa kali menjadi pembicara dalam seminar-seminar yang membahas anak dan keluarga. Penampilan Ria pun tetap terlihat awet muda, meski kini usianya sudah setengah abad.

Seperti diketahui Ria Enes berhasil meraih popularitas di seluruh Indonesia bersama dengan boneka kesayangannya. Penasaran seperti apa potret terbaru Ria Enes? Berikut potretnya yang kini berhijab dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019).

1. Begini potret Ria Enes saat ini, ia tetap terlihat cantik dan awet muda.

Ria Enes (Sumber: Instagram/@ria_nsuzan)

2. Ria Enes dan Boneka Susan merupakan salah satu ikon dunia hiburan yang begitu dicintai anak-anak pada era 90-an.

Ria Enes (Sumber: Instagram/@ria_nsuzan)

3. Wanita berusia 51 tahun ini sudah jarang muncul di layar televisi. Namun, ia tetap menaruh perhatian khusus pada kegiatan anak-anak.

Ria Enes (Sumber: Instagram/@ria_nsuzan)

4. Meski jarang terlihat di televisi, Ria Enes masih sering berkumpul bersama mantan artis cilik.

Ria Enes (Sumber: Instagram/@ria_nsuzan)

5. Ria Enes juga tergabung dalam Komunitas Selamatkan Lagu Anak.

Ria Enes (Sumber: Instagram/@selamatkanlaguanak)

6. Ria Enes beberapa kali menjadi pembicara dalam seminar-seminar yang membahas anak dan keluarga.

Ria Enes (Sumber: Instagram/@ria_nsuzan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Pemeliharaan Jalan, Cek Jadwal Contra Flow di Tol Jagorawi

Posted: 06 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk Regional Jabodetabek-Jabar kembali melanjutkan pekerjaan pemeliharaan jalan dengan rekonstruksi perkerasan di ruas Tol Jagorawi pada Km 08+310 sampai dengan Km 08+410, dan Km 08+510 sampai dengan 08+610 di jalur A lajur 1.

Berdasarkan informasi yang diberikan Jasa Marga, sampai dengan pekan lalu, total pekerjaan rekonstruksi yang telah dilakukan adalah 500 meter.

Pekerjaan pemeliharaan periodik Scrapping, Filling & Overlay (SFO) pada pekan ini akan dikerjakan di Km 08+310 sampai dengan Km 08+410, dan Km 08+510 sampai dengan 08+610 di jalur A lajur 1.

Kegiatan ini akan dimulai dari Senin (7/10/2019) pukul 10.00 WIB hingga Kamis (10/10/2019) pukul 15.00 WIB.

Pekerjaan Rekonstruksi ini dimulai pada hari Senin (awal pekerjaan) sampai dengan Kamis (open traffic). Bahu jalan dapat digunakan sebagai jalur lalu lintas selama pekerjaan berlangsung, dan akan ditutup untuk akses alat berat pada pukul 22.00-06.00 WIB.

Jasa Marga Regional JabodetabekJabar bersama dengan Kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow secara situasional, dengan titik awal Km 05+600 sampai dengan Km 13+000 Jalan Tol Jagorawi, mulai pukul 15.00-21.00 WIB.

Sedangkan untuk mitigasi terjadinya risiko, sepanjang lokasi perbaikan kami telah memasang rambu di lajur utama, dan melakukan sosialisasi melalui spanduk, Variable Message Sign (VMS) dan leaflet.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Siap-Siap, Tarif 11 Ruas Jalan Tol Jasa Marga Ini Bakal Naik

Kendaraan melintasi jalan tol dalam kota di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Kepala BPRD DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan, sekitar 2,2 juta kendaraan bermotor di Jakarta menunggak pajak dengan nilai tunggakan pajak mencapai Rp 2,4 triliun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Beberapa ruas jalan tol akan segera mengalami penyesuaian tarif di tahun ini. Sebelas di antaranya merupakan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Jabodetabek Jabar, Irra Susiyanti, mengungkapkan jadwal pasti kenaikan tarif tol tersebut belum ditentukan. Namun, dipastikan kenaikan tarif tersebut akan dilakukan di tahun ini.

"Kalau jadwal harusnya tahun ini (naik tarifnya)," kata dia saat dihubungi Merdeka.com, Sabtu (28/9).

Sementara itu, untuk besaran kenaikan tarif sendiri berdasarkan pada peraturan, yakni UU No 38/2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 15/2005 tentang Jalan Tol.

Dalam aturan tersebut ditetapkan bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

"Pengalaman (besaran kenaikan) yang 2 tahun di-bundling," ujarnya.

Daftar 11 Ruas Tol yang Tarifnya Bakal Naik

Sejumlah kendaraan melintasi kawasan gerbang tol Cibubur Utama, Jakarta, Jumat (8/9). Pasca perubahan sistem transaksi jalan tol Jagorawi menjadi sistem terbuka atau satu tarif, arus lalu lintas terlihat lebih lancar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berikut daftar 11 ruas jalan tol Jasa Marga yang akan mengalami kenaikan tarif :

1. Tol Integrasi Jakarta-tangerang & Tangerang-merak (Cikupa)

2. Jagorawi

3. Gempol-Pandaan tahap I

4. Surabaya-Mojokerto

5. Palimanan-Kanci

6. Semarang Seksi A-B-C

7. Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT)

8. Pondok Aren-Serpong

9. Belawan-Medan-Tanjung Morawa

10. Nusa dua-Ngurah Rai-Benoa

11. Surabaya- Gempol

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memburu Pelajar SMA Berewokan di Balik Kerusuhan Wamena

Posted: 06 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Polda Papua terus mencari dalang di balik kerusuhan Wamena yang terjadi beberapa waktu lalu. Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebut, dari hasil penyelidikan ditemukan fakta, para pelaku rusuh sengaja mengenakan seragam SMA untuk mengelabui orang-orang.

Para saksi mata yang dimintai keterangannya juga mengungkap, pelaku mengenakan seragam SMA namun perawakannya berewokan dan usianya terlihat tidak seperti anak-anak seusia pelajar SMA.

"Saksi mata menyebutkan pelaku-pelaku ini menggunakan seragam sekolah, tapi rambutnya panjang, berewokan, bahkan wajahnya tak layak jika dikatakan pelajar, usia dewasa lah," kata Paulus.

"Semua rangkaian rusuh Papua akan kita cari pelakunya," katanya menambahkan.

Penyebar hoaks bahwa ada guru berkata rasis juga terus diburu. "Polda Papua bekerja sama dengan cyber Mabes Polri terus melacak pelaku yang sengaja menyebarkan hoaks di tengah warga," ujarnya.

Hingga kini, polisi menetapkan tersangka kerusuhan Wamena menjadi 12 orang. Sementara rusuh di Jayapura, sebanyak 7 pentolan KNPB ditangkap dan berstatus tersangka.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 7 Orang Alami Luka Bakar Akibat Tabung Gas Elpiji 3 kg Meledak di Gresik

Posted: 06 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak tujuh orang yang terdiri dari 2 perempuan dan 5 pria, terpaksa dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik, Jawa Timur. Mereka dirawat karena mengalami luka bakar, akibat ledakan tabung gas elpiji 3 kg di sebuah warung kopi.

Ibnu Salam adalah salah seorang korban yang dibawa ke rumah sakit, dia mengalami luka bakar di bagian kaki dan tangan. Berikut videonya seperti diberitakan Liputan6, 6 Oktober 2019.

"Dari 7 kondisi korban tersebut yang paling parah sebenarnya ada 3 karena luka bakarnya cukup luas, kurang lebih 8 - 15 persen jadi perlu penanganan lebih lanjut," ujar Rifki Ardi Firmansyah salah seorang dokter RS Muhammadiyah Gresik.

Meledaknya tabung elpiji berawal dari penjaga warung kopi, di Kelurahan Kemuteran mengganti tabung. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki ledakan tabung yang mengakibatkan 7 orang mengalami luka bakar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

michelle mengatakan...

ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q