Minggu, 27 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bebaskan Lahan Jembatan Kapuas, Pemkot Pontianak Siapkan Rp 40 Miliar

Posted: 27 Oct 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, akan menganggarkan Rp 40 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I mulai 2020.

"Mulai tahun 2020 mendatang kami akan menganggarkan sebesar Rp 40 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I tersebut," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dikutip Antara, Senin (28/10/2019).

Sehingga, menurut dia, rencana pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I saat ini tinggal masalah teknis saja.

"Tahun ini kami juga akan melakukan penilaian untuk bangunan yang terkena dampak pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I itu," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam hal pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I, sebenarnya pihaknya tidak mengalami kesulitan, melainkan tinggal bagaimana pemerintah pusat menganggarkan untuk pembangunan jembatan tersebut.

"Mudah-mudahan tahun 2020 dan paling lambat akhir 2021 pengerjaan kontruksinya sudah selesai. Sehingga bisa mengurai atau mengatasi kemacetan di jalur Jembatan Kapuas I saat ini," ungkapnya.

Saat ini Pemkot Pontianak, juga sedang menyelesaikan pembangunan jalan pendukung pembangunan Jembatan Paralel Landak yang merupakan kewajibannya, sementara pemerintah pusat yang membangun kontruksi jembatan tersebut.

Lebar jalan Jembatan Paralel Landak yakni sekitar tujuh meter dengan ditambah trotoar satu meter sebelah kiri dan kanan sehingga menjadi sembilan meter.

Sehingga Jembatan Paralel Landak tidak seperti bangunan jembatan sebelumnya yang menyediakan jalur khusus untuk sepeda motor, melainkan hanya menyediakan trotoar saja, kata Edi.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Ada Pemasangan Ikatan Angin, Cek Jadwal Buka Tutup di Jembatan Kapuas II

Kementerian PUPR melakukan duplikasi Jembatan Landak dan Jembatan Kapuas di Pontianak. (Dok Kementerian PUPR).

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat, Manto Saidi menyebutkan mulai  Minggu, 13 Oktober 2019 Jembatan Kapuas II di Sungai Raya, Kubu Raya ditutup, karena ada pemasangan brancing atau ikatan angin.

"Sehubungan dengan dilaksanakannya pekerjaan pemasangan bracing. Jembatan Kapuas ll di Kecamatan Sungal Raya maka jembatan ditutup hingga 20 hari ke depan," ujarnya di Pontianak, Sabtu.

Manto menjelaskan, penutup akses jembatan tersebut dalam rangka untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas di Wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak dan sekitarnya.

"Pekerjaan pemasangan bracing Jembatan Kapuas ll dl Kecamatan Sungai Raya tersebut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provmsi Kalbar," ucapnya.

Menurut dia, penutupan jembatan tidak dilakukan secara total namun ditentukan waktunya yakni dari pukul 12.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.

"Sedangkan untuk pukul 00.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB akses jembatan bisa dilalui kendaraan," sebut dia.

Lanjutnya, selama pekerjaan pemasangan bracing Jembatan Kapuas II dilaksanakan maka arus lalu lintas kendaraan yang melewati Jembatan Kapuas ll dltutup dan dialihkan ke Jembatan Kapuas I.

"Dalam rangka meminimalisir tingkat kemacetan lalu lintas PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pontianak sudah diminta untuk memperpanjang jam operasional nya di Dermaga Penyeberangan Bardan Siantan selama masa pekerjaan berlangsung," jelas dia.

Sementara kata dia, khusus untuk angkutan penumpang umum baik bus sedang dan besar, angkutan barang, alat berat dan kontainer dliharapkan agar menyesuaikan dengan jadwal operasional Jembatan Kapuas II yang telah ditentukan.

"Untuk kendaraan angkutan umum dan besar ikuti jadwal dibukanya akses jembatan guna guna menghindari terjadinya kemacetan dan memenuhi daya dukung Jembatan Kapuas l," jelas dia.

Lanjutnya, Direktorat Lalu Lintas Polda, Polresta Pontianak, Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya dan Satpol PP Provinsi Kalbar akan melakukan pengamanan dan pengawalan lalu lintas selama pelaksanaan pekerjaan pemasangan bracing Jembatan Kapuas II berlangsung.

Dengan informasi yang ada diharapkan semua pihak menyesuaikan dan memaklumi proses perbaikan jembatan yang ada, katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Penyakit ISPA, Gejala dan Cara Mengobatinya di Rumah

Posted: 27 Oct 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit ISPA adalah virus atau bakteri yang mudah menular. Penularan virus atau bakteri ini bisa terjadi melalui kontak dengan percikan air liur orang yang terinfeksi. Virus atau bakteri dalam percikan liur akan menyebar melalui udara, masuk ke hidung atau mulut orang lain. Selain itu, penularan juga bisa menyebar melalui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi, atau berjabat tangan dengan penderita.

ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Infeksi penyakit ini biasanya membuat penderita penyakit ISPA tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja. Penyakit ISPA sering muncul pada musim hujan, walaupun sebenarnya secara umum dapat menyerang kapan saja.

Penyebab penyakit ISPA perlu dikenali dengan cepat agar tidak menimbulkan dampak yang semakin parah. Selain itu, mudahnya penyebaran penyakit ISPA ini membuat kamu perlu waspada dan perlu untuk mengenali gejalanya agar bisa segera mengatasi dan mengobatinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/10/2019) tentang penyebab penyakit ISPA.

Penyebab Penyakit ISPA

ISPA (KlikDokter)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab penyakit ISPA ialah virus dan bakteri. Tertularnya virus dan bakteri penyebab penyakit ISPA atau infeksi pernapasan ini dengan mudah melalui kontak langsung atau bisa juga melalui mata, mulut dan hidung. Virus penyebab penyakit ISPA disebut rhinovirus dan coronavirus, walaupun ada banyak virus yang mungkin juga bisa membawa penyakit ini.

Secara umum, penyebab penyakit ISPA dapat ditularkan melalui sentuhan kontak mata, hidung dan mulut maupun menyentuh benda yang terkena virus ISPA itu sendiri. Virus ISPA berkembang paling banyak saat musim hujan tiba.

Walaupun penyebaran ISPA cukup mudah, ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan tertular, yaitu:

Anak-anak dan Lansia

Anak-anak dan lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, sehingga rentan terhadap berbagai infeksi. Selain itu, penyebaran virus atau bakteri ISPA di kalangan anak-anak dapat terjadi sangat cepat karena anak-anak banyak berinteraksi secara dekat dan melakukan kontak dengan anak-anak yang lain.

Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Penyebab penyakit ISPA lebih rentan menyerang berkaitan dengan faktor kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh dalam melawan infeksi virus maupun bakteri. Ketika kekebalan tubuh menurun, maka risiko terinfeksi akan semakin meningkat. Salah satunya adalah penderita AIDS atau kanker.

Memiliki Masalah pada Jantung dan Paru-paru

Selain itu, penyebab penyakit ISPA lebih sering terjadi pada orang yang sudah memiliki penyakit jantung atau gangguan pada paru-paru sebelumnya.

Perokok Aktif

Perokok lebih berisiko mengalami gangguan fungsi paru dan saluran pernapasan, sehingga rentan mengalami ISPA. Bahkan perokok juga cenderung lebih sulit untuk pulih dari penyakit ini.

Gejala Penyakit ISPA

Penyakit ISPA (sumber: iStock)

Penyakit ISPA merupakan penyakit yang menyerang paru-paru. ISPA termasuk dalam penyakit yang mudah menular yang membuat kamu harus selalu waspada pada lingkungan sekitarmu.

Setelah mengetahui penyebab penyakit ISPA, tentunya kamu perlu mengenali gejala atau tanda-tanda penyakit ISPA ini. Berikut beberapa gejala penyakit ISPA:

1. Pilek hingga hidung tersumbat.

2. Saat tubuh mulai terserang penyakit ISPA, tubuh akan melawan sehingga akan menimbulkan demam ringan.

3. Tenggorokan akan terasa sakit.

4. Sakit kepala ringan.

5. Kesulitan bernapas dengan normal.

6. Kulit akan tampak kebiruan akibat kurangnya asupan oksigen dari sulitnya bernapas.

7. Muncul gejala sinusitis, seperti pilek dan nyeri yang disertai demam.

Cara Mencegah ISPA

ISPA / Sumber: iStockphoto

Kamu bisa mencegah terjadinya ISPA dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Berikut beberapa cara mencegah ISPA yang bisa dilakukan:

- Cuci tangan secara teratur, terutama setelah beraktivitas di tempat umum.

- Hindari menyentuh wajah, terutama bagian mulut, hidung, dan mata, untuk menghindari penularan virus dan bakteri.

- Gunakan sapu tangan atau tisu untuk menutup mulut ketika bersin atau batuk. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.

- Perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin, terutama vitamin C, untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

- Olahraga secara teratur.

- Berhenti merokok.

- Lakukan vaksinasi, baik vaksin MMR, influenza, atau pneumonia. Diskusikan dengan dokter mengenai keperluan, manfaat, dan risiko dari vaksinasi ini.

Cara Mengobati Penyakit ISPA di Rumah

Cara Mengobati Penyakit ISPA di Rumah (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Jika kamu terlanjur terserang virus ISPA, kamu bisa mengobatinya dengan cara berikut:

- Banyak istirahat. Hindari melakukan aktivitas berat untuk sementara waktu. Perbanyaklah istirahat dan cukupi waktu tidur agar dapat pulih dengan cepat.

- Posisi tegak. Duduk tegak membuat bernapas lebih mudah.

- Minum banyak cairan. Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, dan juga untuk melembabkan hidung dan membrane sinus.

- Hindari paparan asap rokok, karena bisa memperburuk gejala.

- Buat udara di sekitar lembap. Pelembap udara untuk menjaga kelembapan udara akan membantu dalam menjaga hidung dan membran sinus tetap lembap. Namun, gunakan dengan hati-hati untuk menghindari luka bakar karena air panas ketika melembapkan udara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati Disebut Mengganjal Langkah AHY Jadi Menteri Jokowi, Ini Reaksi Puan Maharani

Posted: 27 Oct 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono tidak masuk daftar menteri Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo. Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Arief menuding penyebabnya adalah dendam lama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Mendengar isu tersebut, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani kaget. Putri Megawati itu tidak percaya hubungan lama Megawati dengan SBY mengganjal langkah AHY menuju kabinet.

"Masa? pertanyaan, masa gitu?" kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Puan menyebut susunan kabinet merupakan prerogratif presiden. Menurutnya, mencari nama calon menteri sampai dilantik sudah melalui proses yang panjang dan pertimbangan matang.

"Ini prerogratif presiden dan kemudian ini kan sampai terjadi pelantikan kabinet yang lalu itu kan sudah dalam proses yang panjang," jelas Ketua DPR itu.

Puan meminta yang membuat isu penjegalan AHY jadi menteri untuk melihat proses perjalanan dari pemilu sampai pelantikan kabinet. Dia minta jangan menimbulkan riak dengan cara menyalahkan pihak tertentu dalam proses pencarian menteri.

"Saya rasa jangan sampai menimbulkan riak-riak yang kemudian membuat ada yang sepertinya disalahkan atau menyalahkan," kata dia.

Puan juga menegaskan, hubungan Megawati dengan SBY baik-baik saja. Megawati dan SBY, kata dia, kerap bertemu dalam beberapa kesempatan.

"Baik-baik aja lah. Kenapa? Saya sering ketemu, ibu juga ketemu. Kemarin pelantikan juga bareng-bareng," kata dia.

 

Cuitan Andi Arief

Diberitakan, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief merasa, dalam penolakan AHY ada peran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Keresahan itu diungkapkan dalam unggahan melalui media sosial twitter.

Menurut dia, dendam lama antar SBY dan Megawati dianggap sebagai pemicu. Alhasil wakil ketua umum Partai Demokrat itu dicoret dari daftar calon menteri.

"Awalnya saya menduga bahwa dendam Ibu Megawati hanya pada Pak @SBYudhoyono, ternyata turun juga ke anaknya @AgusYudhoyono. Tadinya saya melihat Pak Jokowi mampu meredakan ketegangan dan dendam ini, rupanya belum mampu," kata Andi, dikutip Sabtu pekan lalu.

Bagi Andi Arief, penolakan Partai Demokrat masuk ke dalam koalisi juga menandakan bahwa AHY memang ditolak. Meski begitu, partai besutan SBY ini tetap menghargai hak prerogatif Presiden Jokowi dalam menentukan orang terbaiknya menjalankan pemerintahan.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Helikopter Bom Air Berhasil Padamkan 7 Titik Kebakaran di Pegunungan Ijen Banyuwangi

Posted: 27 Oct 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Helikopter pemadam mulai beroperasi di kawasan Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Minggu (27/10/2019). Helikopter dari BNPB itu melakukan water bombing alias pengeboman air di kawasan yang masih terbakar.

Menyusul dikirimkannya surat permohonan bantuan armada udara yang dilayangkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, terkait pemadaman kebakaran hutan lewat pengeboman air, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan satu helikopter pemadam. Pemadaman lewat udara menjadi satu-satunya cara efektif untuk memadamkan api karena sulitnya medan.

"Kemarin sore helinya sudah datang ya (Sabtu 26 Oktober). Minggu pagi tadi telah beroperasi melakukan pemadaman. Terima kasih atas respons dari BNPB serta Pemprov Jatim, Gubernur Ibu Khofifah, yang turut membantu pengiriman armada udara untuk menagatasi kebakaran pegunungan Ijen," kata Anas.

Bupati Anas sendiri telah menetapkan Status Tanggap Darurat penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan untuk kawasan Pegunungan Ijen, mulai 22 - 28 Oktober 2019. Seiring dengan penerbitan status tersebut, Pemprov Jatim juga melakukan penetapan Status Tanggap Darurat untuk kawasan tersebut pula per tanggal yang sama. 

"Operasi ini kan mengacu pada status dan masa tanggap darurat dari Pemprov Jatim karena yang mengendalikan pihak Pemprov Jatim. Masa tanggap darurat yang ditetapkan provinsi sendiri mengacu pada penetapan kabupaten," jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Fajar Suasana.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Eka Muharram menjelaskan bahwa pada hari pertama ini, Minggu (27/10/2019), helikopter melakukan dua kali operasi. Operasi etape pertama dimulai sekitar pukul 07.30 hingga pukul 10.20.

 

Helikopter dari BNPB itu melakukan water bombing alias pengeboman air di kawasan yang masih terbakar.

"Pada etape pertama tadi berhasil melakukan pengeboman di tujuh spot api di kawasan Gunung Merapi Ungup-ungup. Titik api yang terlihat sudah dibom air oleh petugas," kata Eka.

Pada etape dua yang dimulai pukul 12.00, lanjut Eka, helikopter akan mengarah ke Gunung Ranti.

"Etape dua rencananya fokus ke Gunung Ranti. Tadi ada pegawai Parhutani yang diajak ikut terbang. Gunung Ranti berada di bawah otoritas Perhutani," jelas Eka.

Suplai air diambil dari Selat Bali di sekitar Pantai Watudodol. Helikopter water bombing ini sekali terbang membawa air 4.000 liter air. Helikopter akan menembakkan air beberapa kali selama kurang lebih 3-4 jam.

"Airnya kami ambilkan di Pantai Watudodol karena sejumlah faktor. Selain jaraknya paling dekat, di sana juga gelombangnya tidak terlalu tinggi. Kalau Pantai Boom masih tergolong tinggi ombaknya," jelasnya.

Ditambahkan Eka, operasi ini akan terus dilakukan hingga dirasa kebakaran hutan bisa dikendalikan dengan baik. Besok, kata dia, direncanakan operasi pemadam kebakaran akan diteruskan.

"Mengingat hari ini kondisi cuaca yang berawan dan berkabut. Rencananya besok kami akan lakukan lebih pagi lagi, untuk menghindari awan dan kabut," kata Eka.

 

Pada etape pertama, Helikopter dari BNPBberhasil melakukan pengeboman di tujuh spot api di kawasan Gunung Merapi Ungup-ungup.

"Selain itu, bila operasi pemadaman dirasa masih diperlukan hingga beberapa hari ke depan, maka pemkab siap memperpanjang masa tanggap darurat. Kami siapkan suratnya," pungkas Eka.

Untuk diketahui, Gunung Ranti yang lokasinya bersebelahan dengan Gunung Ijen di wilayah Banyuwangi terbakar. Kawasan Gunung Merapi Ungup-ungup di kawasan Ijen juga kemudian ikut terbakar.

Akibat kebakaran tersebut, Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen dinyatakan tertutup untuk kunjungan wisatawan sejak Minggu (20/10/2019).

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Polusi, Anies Dorong Penggunaan Mobil Listrik

Posted: 27 Oct 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik dan sepeda dinilai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta mendorong warga untuk beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik.

"Kita menyadari banyak tantangan mengenai kualitas udara, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah mendorong menggunakan kendaraan yang tidak menimbulkan polusi atau bebas emisi," kata Anies saat menghadiri acara Karnaval Jakarta Langit Biru di Bundaran Senayan, Jakarta.

Anies menambahkan, pembangunan jalur khusus sepeda menjadi sebagai salah satu langkah untuk mendukung penggunaan kendaraan bebas emisi dan mengurangi polusi udara.

Sementara, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jakarta Raya, Ikhsan Asaad mengatakan, tujuan karnaval tersebut adalah mempromosikan kendaraan listrik kepada masyarakat Jakarta.

"Salah satu tujuannya adalah bagaimana memasyarakatkan atau memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat sehingga kita mengharapkan ke depan makin banyak lagi pengguna kendaraan listrik di Jakarta," kata Ikhsan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

PLN Beri Diskon 100 Persen Tambah Daya Pemilik Mobil Listrik

PT PLN Distribusi Jakarta Raya‎ memberikan berbagai diskon penambahan daya bagi para pelanggannya yang memiliki kendaraan listrik, baik motor listrik ataupun mobil listrik. Diskon ini diberikan dengan besaran yang bervariatif.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Dita Artsana mengatakan program ini diberikan karena kendaraan listrik bisa isi ulang daya dari listrik rumahan tanpa harus memasang alat tambahan.

"Bisa (diisi di rumah), biasanya beli mobil listrik dapat charging jadi bisa langsung charge," kata Dita.

Mengenai diskon penambahan daya, dikatakan Dita, diberikan mulai dari daya 220 VA sampai dengan 197 kVA. ‎ ‎

Terdapat tiga kategori diskon yaitu 50 persen, 75 persen, dan 100 persen. Adapun rincian diskonnya yaitu 50 persen bagi semua pelanggan PLN yang melakukan penambahan daya pada 1 Maret 2019 - 30 April 2019.

Penambahan daya bisa dilakukan dengan mendaftar di Contact Center 123, PLN Mobile, Website www.pln.co.id, maupun di kantor PLN terdekat.

Sementara untuk diskon 75 persen, diberikan kepada pelanggan PLN yang memiliki kompor listrik atau motor listrik. Berlaku 1 Maret 2019 - 31 Desember 2019. Caranya, pelanggan bisa mendaftar di kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembelian kompor ataupun motor listrik.

Sedangkan diskon 100 persen, diberikan kepada pelanggan PLN yang mempunyai mobil listrik. Berlaku 1 Maret 2019 - 31 Desember 2019. Cara mendaftarnya dengan mengunjungi kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembelian mobil listrik.

"M‎otor listrik diskon Tambah daya 75 persen. Mobil Listrik diskon 100 persen," tandasnya.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Sekolah Balet Muslim Pertama di Dunia, Musiknya Diganti Puisi

Posted: 27 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Balet adalah sebuah tarian yang melukiskan suatu kisah atau drama, bisa dimainkan sendiri atau ditarikan secara berkelompok. Namun, hingga saat ini sangat jarang orang Muslim yang mengikuti kelas balet.

Menanggapi hal tersebut, Maisie Alexandra Byers, seorang sarjana balet di Royal Academy of Dance, London dan Dr Sajedah Shubib, dokter gigi Universitas Leeds berinisiatif membuka sekolah balet khusus muslim pertama di dunia, melansir dari Metro UK pada Kamis, 24 Oktober 2019.

Sekolah balet tersebut dibuka di London, Inggris, pada awal 2019. Nama sekolah tersebut adalah Grace and Poise Academy.

Uniknya, sekolah balet ini tidak menggunakan musik sebagai pengiring tarian balet, melainkan menggunakan puisi. Mereka menghormati beberapa orang muslim yang tidak mendengarkan musik karena instrumen musik tertentu tidak diperbolehkan untuk didengar dan beberapa liriknya bersifat tidak islami.

Selain kelas balet, sekolah ini juga memberikan program homeschooling dengan harga yang lebih murah bagi anak yang belajar di rumah karena ingin fokus menghadiri kelas balet.

"Kami percaya, pendekatan unik dari kelas balet kami dapat membantu perkembangan fisik, emosi, dan sosial anak," kata Dr Sajedah. Ia berharap dengan dibukanya sekolah balet khusus muslim ini bisa mendorong eksistensi masyakarat Islam di bidang kesenian.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Pendekatan Emosi

Anak-anak sedang melakukan pemanasan (dok Instagram @graceandpoiseacademy/https://www.instagram.com/p/B4AMyH1gJ3b//Ossid Duha Jussas Salma)

Puisi yang mengiringi tarian balet di sekolah ini adalah buah karya dari Haneen Shubib, Pendiri Sekolah Sastra Articulately di Inggris. Maisie berharap, dengan dibuatnya sekolah balet dengan silabus puisi, balet bisa berkembang dengan konteks yang berbeda.

"Kami senang karena kegiatan kami mendapat respons positif dari orang maupun komunitas di sekeliling kami," kata Dr Sajedah.

Ia juga mengaku semakin antusias mengajar ketika salah satu orangtua peserta kelas balet ada yang memberinya informasi perkembangan emosi dari anaknya setelah mengikuti kelas baletnya. Banyak orangtua yang menilai kelas balet berdampak positif bagi emosi anak-anak mereka.

"Saya selalu menganggap mereka seperti anak saya sendiri," kata Dr Sajedah. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produsen Batu Bara Harap Perang Dagang AS-China Segera Berakhir

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan Harga Batu bara Acuan (HBA) Oktober 2019 sebesar USD 64,80 per ton. ‎Harga tersebut mengalami penurunan semenjak kuarta III 2019. Realisasi HBA Oktober 2019 lebih rendah sekitar 1,5 persen, dibandingkan bulan lalu USD 65,79 per ton‎.

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arviyan Arifin mengatakan, penurunan terjadi pada harga batu bara saat ini memang diluar kontol baik dari sisi global maupun domestik. Di mana faktor global sendiri semua industri bergantung dengan kondisi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Kita harapkan segera recovery lagi adanya kesepakatan penghentian perang dagang AS dan China akan mendongkrak harga batu bara," kata dia saat ditemui di Jakarta, Senin (28/10).

Dia mengatakan penurunan harga batu bara ini juga berdampak pada kinerja bisnis Perseroan. Namun, di tengah penurunan harga jual pihaknya juga terus berupaya mendongkrang penjualan batu bara baik domestik maupun ekspor.

"Penjualan batu bara memang komposisi ada ekspor dan domestik 2019 pasar domestik 59 persen ekspor 41 persen domestik untuk PLN ekspor secara selektif," jelas dia.

Di samping itu, pihaknya juga tak bisa memprediksi kapan trend penurunan harga batu bara ini akan berakhir. Sebab, batu bara sendiri merupakan salah satu komoditi yang secara hukum ekonomi bergantung pada suplai dan demand.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Penurunan Harga Batu Bara

Aktivitas pekerja saat mengolah batu bara di Pelabuham KCN Marunda, Jakarta, Minggu (27/10/2019). Berdasarkan data ICE Newcastle, ekspor batu bara Indonesia menurun drastis 33,24 persen atau mencapai 5,33 juta ton dibandingkan pekan sebelumnya 7,989 ton. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan, penyebab penurunan harga batu bara tersebut ‎sama seperti yang dialami pada bulan-bulan sebelumnya.

Berdasarkan kondisi pasar global, penyebab penurunan signifikan HBA September 2019 dipengaruhi oleh pembatasan impor batubara dari Indonesia oleh China dan India, ditunjang dengan peningkatan produksi batubara di China dan India.

‎Selain itu, berlarutnya perang dagang antara AS dan China, selain itu juga penuranan permintaan batubara dari Eropa‎ sehingga stok batubara berlebih.

‎"Bahwa masih ada perang dagang Amerika China," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jasad Wanita Tua Ditemukan Setelah 15 Tahun Meninggal

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penemuan jasad seorang wanita yang diperkirakan sudah meninggal selama 15 tahun di dalam sebuah apartemen Madrid. Temuan itu bermula dari laporan seorang keponakan perempuan sepuh kepada polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Selebriti Tanah Air Hadiri Acara Diwali, Tampil Menawan

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Deepawali atau Diwali memiliki arti "Festival Cahaya". Diwali adalah sebuah perayaan atau festival yang melambangkan kemenangan baik atas buruk dan lampu dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia. Perayaan ini berasal dari India dengan terfokus pada lampu dan cahaya, terutama pada lampu "diya" tradisional. 

Diwali dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalender Hindu bulan "Ashwayuja". Tak hanya di India, beberapa negara di dunia juga merayakan perayaan hari Diwali ini. Tak terkecuali juga dengan Indonesia.  Festival ini sebagai perayaan hidup dan menggunakan perayaan ini untuk memperkuat tali persaudaraan antara keluarga dan teman. Maka dari itu, Manoj Punjabi pun turut merayakan hari Diwali pada hari Minggu, 27 Oktober 2019 kemarin. 

Pemilik MD Pictures ini menggelar festival Diwali secara privat di Pullman Hotel Jakarta Central Park, Jakarta Barat. Acara tersebut dihadiri sederet selebriti Tanah Air. Para seleb yang diundang pun tampil memesona dengan balutan pakaian khas India yaitu Sari. 

Saling tampil tampan dan cantik dengan baju khas India, berikut ini 6 potret para selebriti Tanah Air yang hadiri pesta Diwali dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (28/10/2019). 

1. Lewat unggahan di Instagramnya, Yuni Shara mengucapkan Happy Diwali dan mengaku pertama kali pakai Sari.

Potret selebriti Tanah Air tampil menawan dengan pakaian India di acara Diwali. (Sumber: Instagram/@yunishara36)

2. Tak mau kalah, Raline Shah juga hadiri acara Diwali dengan balutan sari biru yang memesona.

Potret selebriti Tanah Air tampil menawan dengan pakaian India di acara Diwali. (Sumber: Instagram/@ralineshah)

3. Pasangan aktor dan aktris, Vino dan Marsha Timothy tampil kompak dengan sari warna gelap.

Potret selebriti Tanah Air tampil menawan dengan pakaian India di acara Diwali. (Sumber: Instagram/@vinogbastian__)

4. Ira Wibowo datang bersama sang adik, Ari Wibowo. Keduanya memesona kan?

Potret selebriti Tanah Air tampil menawan dengan pakaian India di acara Diwali. (Sumber: Instagram/@irawbw)

5. Dimas Beck juga hadir nih! Ia beberapa kali mengambil foto bersama rekan artis lainnya seperti Indah Kalalo.

Potret selebriti Tanah Air tampil menawan dengan pakaian India di acara Diwali. (Sumber: Instagram/@dimasbeck/@supermodeldiva)

6. Morgan Oey juga tampak hadir, berfoto bersama Sulung Landung serta Sunil Samtani.

Potret selebriti Tanah Air tampil menawan dengan pakaian India di acara Diwali. (Sumber: Instagram/@sulunglandung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DJSN: Layanan Publik bagi Penunggak Iuran BPJS Kesehatan Bukan Tak Bisa Diterbitkan

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Rencana pemerintah untuk memberikan sanksi administratif bagi mereka yang menunggak iuran BPJS Kesehatan mendapatkan pro kontra. Beberapa berpendapat bahwa orang yang menunggak kemudian tidak bisa mendapatkan pelayanan publik seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Mengemudi (SIM), sertifikat tanah, paspor, atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), hal itu berarti negara telah melanggar hak warga negara.

Melihat paradigma tersebut, Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Ahmad Anshori menyanggah bahwa mereka yang menunggak iuran BPJS Kesehatan tidak bisa mendapatkan pelayanan publik.

"Sanksi administratif di PP 86 tahun 2013 itu belum dijalankan sampai dengan sekarang," kata Ahmad ditemui di Sleman, Yogyakarta usai workshop BPJS Kesehatan pada Rabu, 23 Agustus lalu.

Selain itu, sifat dari sanksi tersebut adalah pembinaan agar peserta tertib. Ahmad mengatakan bahwa adapun sanksi tersebut akan diterapkan apabila penunggak iuran yang sesungguhnya mampu melaksanakan kewajibannya untuk membayar tagihan, mendapatkan pemberitahuan dari pihak BPJS Kesehatan.

"Setelah dia disurati, diingatkan, di-sms, di-email, dia seharusnya bisa tapi tidak melaksanakan, maka BPJS menyurat kepada enam kementerian dan lembaga yang memberikan layanan publik ini," kata Ahmad menjelaskan.

Layanan Publik Tidak Dicabut

Ada 6 rumah sakit yang belum berkomitmen menerapkan verifikasi digital klaim (Vedika) BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Selain itu, Ahmad menegaskan bahwa hak penunggak iuran untuk mendapatkan layanan publik tidaklah dicabut atau dibekukan.

"Dia (lembaga pemberi layanan publik) memberitahukan kepada yang belum melaksanakan kewajiban ini, bahwa dia tidak dapat diterbitkan sekarang sampai dia penuhi kewajibannya. Jadi bukan tidak bisa diterbitkan," kata Ahmad.

Menurutnya, rencana tersebut sesungguhnya bukanlah hal yang baru. Bahkan, ia menganggap kebijakan tersebut di Indonesia terbilang nyeleneh karena negara-negara lain telah menerapkannya.

Misalnya di Korea Selatan, mereka yang tidak melaksanakan kewajiban menunggak iuran jaminan sosial sangat sedikit karena pemerintah menerapkan kebijakan ekstrem seperti pembekuan seluruh aset yang dimilikinya sehingga tidak bisa dijualbelikan.

"Seekstrem itu. Ya ekstrem. Karena ini tentang hak asasi manusia. Ini tentang manusia. Bukan tentang barang-barang, bukan tentang investasi."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Pelanggar Lalu Lintas Dihukum Membaca Sumpah Pemuda

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Ada yang unik saat Satuan Polisi Lalu Lintas Polresta Pontianak, Kalimantan Barat, menggelar Operasi Zebra Kapuas, Senin (28/10/2019). Polisi memberikan hukuman membaca Sumpah Pemuda bagi para pelanggar lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah di Pontianak mengatakan, hukuman atau sanksi membaca isi Sumpah Pemuda tersebut diberikan kepada pemuda atau siapa saja yang melanggar aturan lalu lintas sepanjang digelarnya Operasi Zebra Kapuas 2019 di wilayah Kota Pontianak.

"Sanksi juga diberikan kepada pemuda yang melanggar lalu lintas, apalagi bertepatan dengan momentum peringatan Ke-91 Sumpah Pemuda," ujarnya.

Tujuannya untuk mengingatkan kepada para pemuda tentang isi dari Sumpah Pemuda itu, serta untuk mengenang jasa para pejuang pemuda di masa lalu, katanya.

Data Satlantas Polresta Pontianak, mencatat hingga saat ini ada sekitar 700 pelanggaran lalu lintas yang digelar oleh jajaran Polresta Pontianak sepanjang Operasi Zebra Kapuas 2019 di wilayah Kota Pontianak.

"Pengendara roda dua menjadi pelanggar lalu lintas tertinggi dengan pemberian sanksi tilang karena tidak melengkapi surat-menyurat kendaraannya, seperti STNK, SIM dan lainnya," kata Salbiah

Sementara itu, Dede salah seorang pelanggar lalu lintas mengatakan, sanksi pembacaan isi Sumpah Pemuda bagi pelanggar lalu lintas oleh Satlantas Polresta Pontianak, cukup mendidik.

"Kami para pemuda mendukung langkah atau inovasi yang dikakukan oleh Satlantas Polresta Pontianak tersebut," katanya.

Sementara itu, di momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak para pemuda untuk tetap bersatu, peduli lingkungan dan peduli terhadap sesama.

Ia berharap para pemuda untuk terus berkreativitas serta berkontribusi dalam pembangunan dengan meningkatkan sumber daya manusia dan keterampilan yang dimiliki.

"Kita yakin di era tinggal landas ini pemuda-pemuda Kota Pontianak mampu untuk menjadi pemuda pelopor di segala bidang yang bisa meningkatkan peradaban dan kemajuan kota yang kita cintai ini," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update iOS 13, Pengguna iPhone Keluhkan Baterai Boros

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis iOS 13 pada bulan lalu. Namun, tidak semua orang senang dengan dampak dari pembaruan software tersebut.

Terlepas dari peningkatan dan fitur baru, sejumlah pengguna mengeluhkan OS baru itu membuat baterai lebih cepat terkuras. Mengutip laporan Daily Mail, beberapa keluhan pengguna diunggah di sejumlah forum online.

Dilansir Softpedia, Senin (28/10/2019), keluhan serupa juga disampaikan pengguna yang sudah mendapatkan pembaruan OS ke versi 13.1.2. Di beberapa kasus, daya tahan baterai berkurang hanya dalam beberapa jam.

Daily Mail juga mengklaim, sejumlah iPhone terasa memanas saat proses pengisian daya baterai.

"Pembaruan iOS 13.1.3 'membunuh' baterai iPhone 7 Plus saya. Baterai berkurang 70 persen dalam waktu 2 jam. Ponsel tersebut juga menjadi lambat dan terasa panas. Ini terjadi sejak 13.1. 2 (versi iOS)," demikian salah satu keluhan pengguna.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak Apple mengenai bug tersebut. Namun perusahaan kemungkinan akan merilis pembaruan untuk mengatasi masalah tersebut.

Apple Fokus Tingkatkan Produksi iPhone 11

Tiga kamera belakang iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

iOS 13 saat ini sudah dirilis untuk iPhone yang kompatibel di seluruh dunia. iPhone 11 salah satu yang meluncur dengan OS baru tersebut.

iPhone 11 sendiri dilaporkan mendapatkan respons positif di pasar global. Menurut laporan, Apple akan meningkatkan produksi varian smartphone terbarunya itu.

Menurut laporan baru dari analis perusahaan riset Rosenblatt Securities, Jun Zhang, penjualan iPhone 11 sudah melampaui 12 juta unit hanya dalam waktu satu bulan setelah peluncurannya. Jumlah tersebut dinilai cukup mengesankan.

Dilansir GSM Arena, Zhang mengatakan, Apple sedang bersiap meningkatkan produk iPhone 11. Produksinya akan ditambah 1,6 juta unit.

Penjualan Tak Begitu Baik

CEO Apple Tim Cook mengumumkan peluncuran iPhone 11 di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2019). Apple menyematkan chipset A13 bionic pada iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max Pro. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Di sisi lain, penjualan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max tidak berjalan begitu baik. Bahkan penjualannya turun 15 persen jika dibandingkan duo iPhone XS tahun lalu.

Akibat penurunan tersebut, Zhang memerkirakan Apple akan menurunkan produksi seri iPhone 11 Pro sekira dua juta unit.

Secara keseluruhan, pengapalan iPhone 11 dan 11 Pro diprediksi akan mencapai 70 juta unit sebelum akhir tahun ini. iPhone 11 akan menjadi kontributor terbesar.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Meme Kocak Sumpah Pemuda, Beda Pemuda Dulu dan Sekarang

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 28 Oktober tiap tahunnya memang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Tentunya momen ini tak hanya untuk mengenang apa yang pernah terjadi di masa lalu, namun juga harus memiliki makna dan manfaat yang dapat diambil para generasi muda.

Beragam cara pun digunakan masyarakat untuk merayakan hari bersejarah bagi kaum muda ini, seperti upacara bendera dan acara positif lainnya yang meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, hingga kini lini masa Twitter diramaikan dengan berbagai ucapan Sumpah Pemuda dari warganet. Tak hanya dengan beragam twit, warganet juga meramaikan momen bersejarah ini dengan membuat beragam meme-meme lucu.

Warganet pun beraksi dengan memakai bermacam-macam objek untuk dijadikan meme-meme yang menggelitik. Terlihat, mereka juga mencantumkan kalimat nyeleneh, konyol hingga menyindir untuk meramaikan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Penasaran seperti apa? Berikut meme-meme Sumpah Pemuda seperti merangkum dari berbagai sumber.

1. Ini beda dahulu dan sekarang

Meme Hari Sumpah Pemuda

2. Remaja kekinian ya

Meme Hari Sumpah Pemuda

3. Enggak jauh-jauh dari soal cinta ya

Meme Hari Sumpah Pemuda

4. Boleh juga nih ditiru semangatnya

Meme Hari Sumpah Pemuda

5. Nah, sangat jauh berbeda ya

Meme Hari Sumpah Pemuda

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trio Maut MU Bikin McTominay Geleng-Geleng

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Norwich - Gelandang Manchester United (MU), Scott McTominay, memberikan pujian kepada trio maut Setan Merah Daniel James, Marcus Rashford dan Anthony Martial yang tampil gemilang melawan Norwich City.

MU menang 3-1 atas tuan rumah Norwich City pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Carrow Road, Sabtu (27/10/2019) malam WIB. Setan Merah langsung unggul 2-0 di babak pertama. Gol-gol tim tamu diciptakan oleh McTominay dan Rashford.

MU sebenarnya punya peluang untuk unggul dengan selisih gol lebih besar pada paruh pertama. Tim tamu dua kali mendapat penalti yang diputuskan lewat VAR.

Namun dua penalti tersebut gagal dikonversi menjadi gol. Eksekusi Rashford dan Anthony Martial sama-sama digagalkan oleh Tim Krul.

Di babak kedua, MU menambah satu gol lewat sepakan Martial. Sementara Norwich mencetak gol hiburan melalui Onel Hernandez pada menit ke-88.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Komentar McTominay

(AP/Joe Gidden)

"Menakutkan melawan trio James, Martial dan Rashford. Mereka punya potensi luar biasa. Penting bagi striker untuk terus menembak bola. Kita harus membicarakan soal kegagalan penalti di ruang ganti dan memperbaikinya," kata McTominay di Soccerway.

"Kami membutuhkan penampilan bagus hari ini. Kami seharusnya mengalahkan Liverpool minggu lalu. Sekarang, kami sudah melakukan performa bagus selama 90 menit. Semoga kami bisa terus mendapatkan momentum kemenangan," McTominay menambahkan.

Posisi 7

Dengan hasil ini, MU naik ke posisi tujuh klasemen Liga Inggris dengan 13 poin. Sementara Norwich di posisi 19 dengan tujuh angka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pendek FFI 2019 Diumumkan, 3 Film Laris Ini Gagal Lolos

Posted: 27 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Festival film Indonesia (FFI) 2019 merilis short list atau daftar ringkas berisi film panjang bioskop yang lolos seleksi. Short list FFI 2019 memuat 38 judul film. Lewat akun @festivalfilmid, diperoleh informasi bahwa short list ini didapat setelah tim kurator yang terdiri 7 orang melakukan seleksi. 

"Kurasi dilakukan oleh tim kurator yang terdiri dari para jurnalis, akademisi, dan praktisi perfilman (yakni) Nungki Kusumastuti, Lisabona Rahman, Hera Diani, Prima Rusdi, Tam Notosusanto, Makbul Mubarak, Rangga Wisesa," terang akun FFI pada Sabtu (26/10/2019).

 

Beberapa film yang masuk dalam daftar pendek telah diprediksi para pemerhati film di antaranya 27 Steps of May, Bumi Manusia, Gundala, Twivortiare, Bebas, Ave Maryam, dan Keluarga Cemara. Ada pula yang di luar dugaan lolos seleksi di antaranya Zeta, Dreadout, Pocong The Origin, Danur 3: Sunyaruri, dan Kuntilanak 2. 

Film horor dan horor-fantasi di luar dugaan mendapat tempat di hati tim kurator. Daftar pendek ini ditanggapi beragam oleh publik. Sejumlah warganet mempertanyakan beberapa film laris yang gagal masuk daftar pendek FFI 2019.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Bernapas Dalam Kubur

Luna Maya di film bernapas dalam Kubur (Instagram/@sorayaintercinefilms)

Tiga film laris yang gagal masuk daftar pendek FFI di antaranya Dilan 1991, Suzzanna Bernapas Dalam Kubur, dan Pretty Boys. Seperti diketahui hingga artikel ini disusun, Dilan 1991 masih menjadi film terlaris 2019 dengan 5,2 juta penonton. Suzzanna Bernapas Dalam Kubur yang dibintangi Luna Maya dan Herjunot Ali menyerap 3,2 juta penonton. 

 

Pretty Boys

Desta dan Vincent (Sumber: Instagram/@desta80s)

Pretty Boys meski gagal menembus sejuta penonton, disebut kuda hitam tahun ini. Film yang dibintangi Desta dan Vincent Rompies ini meraih hampir 700 ribu penonton. 

 

Pertimbangan Kurator

Piala Citra

"Waduh, kok kalah sama (film) yang agak-agak, sih Pretty Boys? Waduh-waduh, mangkaleno cak. Tapi, ya benar wes kata Bung Tompi, memang kurator punya pertimbangan sendiri," celetuk seorang warganet. 

Dipertanyakan

Luna Maya memerankan Suzzanna di film Bernapas dalam Kubur (Twitter/ sorayafilms)

Yang lain mempertanyakan di mana keberadaan film Suzzanna Bernapas Dalam Kubur. "Suzzanna enggak masuk?" tanya seorang warganet. "Eh, iya kok enggak ada Suzzanna?" timpal yang lain. "Dilan 1991, Koki-Koki Cilik 2, Pretty Boys sama Suzzanna enggak ada," warganet lain menambahkan. (Wayan Diananto)

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Nadiem Makarim, Menteri Termuda saat Selfie Pakai Blankon

Posted: 27 Oct 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kemendikbud, Senin (28/10/2019). Pada hari spesial ini, menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu mengenakan beskap gading, lengkap dengan blankon.

Daya tarik Nadiem Makarim membuatnya diserbu oleh para pegawai di Kemendikbud usai upacara peringatan Sumpah Pemuda.

Mereka berebut bersalaman dan berswafoto bersama mantan bos Gojek itu.

Nadiem Makarim pun melayani ajakan swafoto itu dengan senyuman. Dia kemudian meraih telepon genggam salah satu pegawai dan berselfie dengan latar belakang para pegawai Kemendikbud yang juga mengenakan pakaian adat dari sejumlah daerah di nusantara.

Dalam Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Kemendikbud mengusung tema Bersatu Kita Maju

Nadiem mengatakan, pemuda Indonesia harus berani melangkah dan yakin pada diri sendiri.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (Liputan6.com/Yopi Makdori)

Nadiem menuturkan, terpilihnya dia sebagai orang nomor satu di Kemendikbud harus menjadi tonggak kebangkitan anak muda.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (Liputan6.com/Yopi Makdori)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Penagih Utang Sekap Direktur Perusahaan

Posted: 27 Oct 2019 09:55 PM PDT

Fokus, Jakarta - Dua debt collector tak berkutik saat Tim Jatanras Polres Metro Jakarta Barat menyergap pelaku di sebuah hotel di Taman Sari, Jakarta Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (28/10/2019), penangkapan para pelaku terjadi setelah polisi menerima informasi ada tindak kejahatan penyekapan seorang direktur utama sebuah hotel dari karyawan hotel.

"Diamankan tujuh orang terkait tindak pidana penyekapan yang dilakukan oleh kelompok pelaku dan sekarang kita bawa ke Polres dulu untuk pemeriksaan. Korbannya satu orang sudah kita amankan," ucap Kanit Reskrim Polrestro Jakarta Barat Iptu Dimitri Mahendra.

Korban bernama Kosasih, direktur utama hotel T disekap selama empat hari oleh para penagih hutang atau debt collector lantaran menunggak hutang hingga ratusan juta rupiah.

Meski tak mendapatkan kekerasan fisik selama penyekapan, korban mengaku lega karena akhirnya dapat diselamatkan oleh petugas kepolisian.

"Karena mereka disuruh orang untuk menagih saya. Ya kalau utang piutang memang ada, tetapi seperti inilah tidak saya sukai. (Jumlahnya) kalau dibilang besar ya besar Rp 100 juta, tapi itu bukan utang piutang, itu bisnis," kata korban Kosasih.

Guna penyelidikan lebih lanjut, korban dan ketujuh orang pelaku penyekapan dibawa ke Mapolres Metro Jakarta Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Pertandingan NBA Hari Ini: Warriors Kembali Terpuruk

Posted: 27 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Start buruk Golden State Warriors pada NBA 2019/2020 berlanjut. Mereka menyerah 92-120 di Chesapeake Energy Arena, Minggu (27/10/2019) atau Senin dini hari WIB.

Warriors tampil buruk pada laga ini. Mereka tertinggal 37-70 pada paruh pertama dan hanya membukukan persentase tembakan 32 persen.

Catatan tersebut jelas mengecewakan bagi juara NBA tiga kali dalam lima tahun terakhir tersebut. Mereka kini membukukan catatan 0-2 dan tidak pernah sekalipun memimpin, termasuk ketika dikalahkan Los Angeles Clippers pada laga pembuka musim ini.

Berbeda dengan Minnesota Timberwolves yang meraih kemenangan ketiga beruntun. Teranyar mereka membungkam Miami Heat 116-109.

Sementara LeBron James dan kawan-kawan membantu LA Lakers memetik hasil positif kedua dengan menaklukkan Charlotte Hornets 120-101. Berikut hasil lengkap pertandingan NBA hari ini:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Hasil Pertandingan

LeBron James. (AP)

Timberwolves 116 Heat 109

Thunder 120 Warriors 92

Grizzlies 134 Nets 133

Trail Blazers 121 Mavericks 119

Lakers 120 Hornets 101

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Selebrasi Lewis Hamilton Raih Juara F1 GP Meksiko 2019

Posted: 27 Oct 2019 09:45 PM PDT

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton berselebrasi membawa pialanya setelah berhasil menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). Hamilton unggul 74 poin atas Bottas di posisi kedua klasemen dengan 289 poin. (AP Photo/Eduardo Verdugo)

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton berselebrasi membawa pialanya setelah berhasil menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). Hamilton unggul 74 poin atas Bottas di posisi kedua klasemen dengan 289 poin. (AP Photo/Eduardo Verdugo)

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton, menyemprotkan sampanye ke arah pembalap Ferrari Sebastian Vettel setelah berhasil menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton, menyemprotkan sampanye ke arah pembalap Ferrari Sebastian Vettel setelah berhasil menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Pembalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton berselebrasi dengan anggota tim Marcelo Martinelli setelah berhasil menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Pembalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton berselebrasi dengan anggota tim Marcelo Martinelli setelah berhasil menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Pembalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton melempar topi sombrero merayakan keberhasilannya menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). Kemenangan ini mendekatkan Hamilton ke titel juara dunia F1 2019. (AP Photo/Eduardo Verdugo)

Pembalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton melempar topi sombrero merayakan keberhasilannya menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). Kemenangan ini mendekatkan Hamilton ke titel juara dunia F1 2019. (AP Photo/Eduardo Verdugo)

Pembalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton berdiri di atas mobilnya setelah menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Pembalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton berdiri di atas mobilnya setelah menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Pembalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton memimpin balapan selama balap mobil Formula Satu Meksiko Grand Prix di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (27/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Pembalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton memimpin balapan selama balap mobil Formula Satu Meksiko Grand Prix di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (27/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Ketahanan Pangan, Mentan SYL Bangun Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian

Posted: 27 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Gowa Komitmen Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Syahrul Yasin Limpo guna memenuhi kebutuhan pangan 267 juta warga Indonesia, segera diwujudkan dengan mengoptimalkan peran penyuluh kecamatan, dan dimonitor secara khusus di War Room Kantor Pusat Kementan. Menurutnya, penyuluh sebagai ujung tombak dan garda terdepan ketahanan pangan.

Pria akrab dengan sebutan SYL menegaskan membangun Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani) dalam 100 hari pertama, dan dalam level lapangan, pengendalian dan operasionalnya dipusatkan di kecamatan-kecamatan.

"Balai-balai penyuluhan di tingkat kecamatan akan dilengkapi dengan data dan perangkat digital yang bisa memantau kapan dilakukan panen, proses tanam, dinamika pasar dalam dan luar negeri sampai pergerakan Alsintan," ujar Syahrul di hadapan kerabat, kolega dan sahabatnya di Rumah Kayu Gowa, Minggu (27/10) seusai mengikuti Car Free Day.

 

Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Syahrul Yasin Limpo.

Mentan SYL menegaskan program Kostra Tani untuk lebih memperkuat Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan (BPPK) sebagai tempat konsolidasi penyuluh. Dirinya merasa penting mengingat strategisnya peran dan fungsi penyuluh. "penyuluh itu adalah otaknya rakyat, manajemen hatinya rakyat yang selalu mendampingi rakyat. Dan mereka akan menjadi kopassus nya pertanian," tegas SYL.

Kostra Tani diharapkan bukan hanya meningkatkan produksi, namun juga kesejahteraan petani dan rakyat Indonesia. Mentan peraih Bintang Mahaputra Utama bidang pertanian ini, mempunyai harapan besar programnya akan berdampak luas dan cepat bagi kesejahteraan.

"Bila dibandingkan, pendapatan per kapita petani Indonesia masih dikisaran 40 juta. Sedangkan negara Malaysia sudah melebihi 146 juta, bahkan Jepang sudah 380 juta. Kita segera bangkit! Dan hal ini diraih bila kita bekerja dengan baik," tegasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sukses Turun Berat 40 Kg, Wanita Ini Ceraikan Suaminya

Posted: 27 Oct 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wanita bernama Park Jee Won sukses diet selama 10 bulan. Berhasil turunkan berat badan dari 86 kg menjadi 46 kg .

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Jokowi pada Warga Pegunungan Arfak

Posted: 27 Oct 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terik matahari kala itu sudah menyengat, meski begitu cuaca di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat tetap dingin dan segar. Suasana di Pegunungan Arfak, Minggu 27 Oktober 2019 pun tak sepi seperti biasanya. Warga mulai dari dewasa hingga anak-anak ramai-ramai turun dari kampungnya.

Mereka berpakaian rapi menunggu orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Kunjungan Jokowi dan Iriana mencatat sejarah. Sebabnya, Jokowi adalah presiden pertama yang berkunjung ke daerah yang dikenal dengan 'negeri di atas awan' itu.

Sebagian ada yang menuju Bandar Udara Irai untuk menunggu kedatangan Jokowi dan rombongan. Sementara sebagian warga lainnya, berkumpul di Lapangan Irai.

Jarum jam saat itu menunjukkan pukul 09.37 WIT, helikopter Super Puma milik TNI AU yang membawa Jokowi dan Iriana mendarat di Bandara Irai. Sorak-sorai para warga terdengar begitu riuh menyambut kedatangan Jokowi.

Senyum merekah dari wajah Jokowi begitu turun dari helikopter. Inilah kali pertama mantan Gubernur DKI Jakarta itu menginjakkan kaki di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Tarian Tumbu Tanah yang merupakan tarian khas menyambut kedatangan Jokowi dan Ibu Negara. Dia lalu menyalami para penari yang merupakan anak-anak muda asli Pegunungan Arfak.

Kemudian, Jokowi tiba-tiba menarik dua orang anak kecil dan menggandengnya. Tiga anak-anak lainnya pun ikut bergandengan di sebelahnya. Jokowi dan lima anak-anak itu berjalan bergandengan menuju Lapangan Irai.

Warga yang sebelumnya menunggu di Bandara Irai pun ikut berjalan kaki bersama di belakang Jokowi. Di sepanjang jalan menuju lapangan, mantan Wali Kota Solo itu menyempatkan diri untuk menyapa para warga dan anak-anak.

Tibalah Jokowi di Lapangan Irai setelah berjalan sekitar 500 meter. Di sana, ribuan masyarakat sudah menunggu Jokowi sedari pagi. Agenda awal kunjungan kerja Jokowi dimulai dengan ramah tamah dengan para warga Pegunungan Arfak.

 

Janji Jokowi pada Warga Arfak

Jokowi berkunjung ke Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat (Foto: BPMI)

Dia menjanjikan sejumlah hal kepada masyarakat seperti, perbaikan jalan antara Pegunungan Arfak ke Manokwari, pengembangan Bandara, serta pembangunan rumah sakit hingga pasar. Jokowi meminta waktu dua tahun untuk mengaspal jalan tersebut.

"(Jalan) Akan segera kita selesaikan. Agar apa? Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari," ujar dia di Lapangan Irai Kabupaten Pegunungan Arfak, Minggu 27 Oktober 2019.

Usai berpidato, Jokowi dan Iriana mampir ke Pasar Irai. Di sana, keduanya berbelanja produk-produk hasil pertanian masyarakat setempat seperti, stroberi, markisa, hingga kentang.

Namun, alangkah terkejutnya Jokowi saat mengetahui bahwa harga stroberi di sana mencapai Rp 200 ribu. Pasalnya, stroberi yang dijual itu beratnya tak sampai satu kilogram.

Tak hanya itu, dia juga kaget saat mengetahui bahwa buah markisa yang jumlahnya hanya satu kantong plastik sedang, dijual dengan harga Rp 500 ribu. Meski begitu, Jokowi tetap membawa pulang stroberi dan markisa tersebut.

Sebelum meninggalkan pasar, Jokowi dam Iriana menghampiri anak-anak yang sedang meihatnya berbelanja. Keduanya pun lantas berfoto bersama dengan anak-anak di Pegunungan Arfak.

Terpukau Alam Arfak

Jokowi berkunjung ke Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat (Foto: BPMI)

Jokowi sendiri mengaku senang dapat berkunjung ke Kabupaten Pegunungan Arfak. Dia juga mengaku sangat terpukau dengan keindahan alam keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Pegunungan Arfak khususnya, Danau Anggi Giji dan Anggi Gida. Danau ini biasa disebut oleh warga setempat dengan danau laki-laki dan perempuan.

"Iya ini pertama kali kunjungan saya ke Pegunungan Arfak. Dan saya sangat kaget sekali, dari atas sangat indah sangat cantik danaunya dan juga alamnya," katanya.

Kabupaten Pegunungan Arfak adalah kabupaten baru di pedalaman Papua Barat. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Manokwari.

Jalan di sana pun dipenuhi dengan bebatuan dan tanjakan yang curam. Jalanan yang sudah diaspal pun bisa dihitung dengan jari. Untuk menuju Kabupaten Pegunungan Arfak, masyarakat harus menempuh empat hingga lima jam dari Manokrawi.

Sebelum meninggalkan Pegunungan Arfak, Jokowi sempat membagi-bagikan kaus kepada warga. Anak-anak hingga orang dewas tampak sangat antusias mengambil baju yang diberikan Jokowi dari atas mobil.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Torehan Spesial Kevin Sanjaya / Marcus Gideon Usai Jadi Juara Prancis Terbuka 2019

Posted: 27 Oct 2019 09:35 PM PDT

Paris - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, kembali menambah pundi-pundi gelar. Pasangan berjuluk The Minions tersebut berhasil menjuarai Prancis Terbuka 2019, Sabtu (27/10/2019). 

Kevin/Marcus menjadi kampiun setelah mengalahkan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, di final Prancis Terbuka 2019. Menjalani laga di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Minggu (27/10/2019) dini hari WIB, Kevin/Marcus tampil dominan dan menang dua gim langsung 21-18, 21-16. 

Kemenangan Kevin/Marcus pada laga final tersebut tidak terlalu mengejutkan. Mereka merupakan unggulan pertama pada turnamen itu dan juga sedang dalam kepercayaan diri tinggi. 

Kevin/Marcus melakoni turnamen Prancis Terbuka 2019 bermodal gelar dari Denmark Terbuka 2019 pada pekan sebelumnya. Mereka juga masih bercokol di peringkat satu dunia. 

Kemenangan di final Prancis Terbuka 2019 bukan hanya menambah koleksi gelar, tapi juga menorehkan beberapa catatan istimewa untuk Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Apa saja catatan istimewa tersebut? Berikut empat di antaranya. 

1. Gelar Pertama di Prancis Terbuka

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjuarai Prancis Terbuka 2019, Minggu (27/10/2019). (PBSI)

Kemenangan Kevin/Marcus di Prancis Terbuka 2019 terasa istimewa. Ini merupakan gelar perdana mereka di Prancis Terbuka sejak pertama kali berpasangan. 

Pada 2018, Kevin/Marcus hanya jadi runner up di Prancis Terbuka. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal meraih gelar Prancis Terbuka 2018 kandas setelah kalah di final dari wakil China, Han Chengkai/Zhou Haodong, 21-23, 21-8, 17-21, Minggu (28/10/2018). 

2. Gelar Ketujuh Tahun Ini

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. (PBSI)

Kevin/Marcus makin mengukuhkan diri sebagai Raja Turnamen. Pembuktian terbaru dari julukan tersebut adalah keberhasilan Minions menjuarai Prancis Terbuka 2019. 

Ini merupakan gelar ketujuh Kevin/Marcus pada tahun ini. Gelar mereka masing-masing didapat dari turnamen Malaysia Masters 2019, Indonesia Masters 2019, Indonesia Open 2019, Jepang Terbuka 2019, China Terbuka 2019, Denmark Terbuka 2019, dan Prancis Terbuka 2019. 

3. Titel Back to Back

Sama seperti Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Kevin/Marcus juga berhasil membukukan back to back gelar. Mereka berhasil menjuarai dua turnamen beruntun, Denmark Terbuka 2019 dan Prancis Terbuka 2019. 

Kedua turnamen tersebut sama-sama berlabel BWF Super 750. 

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, menjuarai Prancis Terbuka 2019, Minggu (27/10/2019). (PBSI)

4. Koleksi Gelar Bertambah

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon saat menjuarai Prancis Terbuka 2019, Minggu (27/10/2019). (PBSI)

Kevin/Marcus tercatat sudah mengoleksi 25 gelar Super Series dan Super 500 ke atas setelah menjuarai Prancis Terbuka 2019. 

Perinciannya pada 2016 Minions meraih 3 gelar, pada 2017 tujuh titel, pada 2018 sebanyak 10 gelar, dan 2019 sejauh ini sudah mengoleksi tujuh gelar.  

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri/Yus Mei Sawitri, published 28/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Promosi Berebut Gelar Liga Ayo 1 2019

Posted: 27 Oct 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duo promosi Liga Ayo 1 2019 bakal memperebutkan gelar pada musim ini. Legend FC bakal menghadapi North Blue FC di final.

Kedua tim melaju ke partai puncak Liga Ayo usai menaklukkan lawan masing-masing. Berstatus juara Liga Ayo 2 2018, Legend FC menaklukkan juara Liga Ayo 1 2017 1-0 di Lapangan Mabes TNI AU.

Sementara runner-up Liga Ayo 2 2018 Royal City FC membungkam North Blue FC 3-2 melalui adu penalti.

Pada semifinal Liga Ayo 2, Kebsay FC melanjutkan momentum dengan mencapai final tahun ini. Pertama kali mengikuti kompetisi, mereka sukses mencapai final usai mengalahkan sesama debutan Sabtu Sore FC 2-0.

Kebsay FC kini menunggu lawan pada final yang berlangsung 24 November mendatang. Mereka menghadapi Cheza FC yang menaklukkan Ceria Timur FC 4-1.

Duel Cheza FC vs Ceria Timur FC sempat ditunda karena faktor nonteknis. Keduanya bermain imbang di waktu normal sehingga berlanjut ke adu penalti.

Skor tetap imbang meski kedua tim mengirim 12 algojo. Karena hari menjelang malam dan sudah mulai gelap, panitia kemudian melanjutkan pertandingan di lain kesempatan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Vidio Eksklusif: Arema vs Semen Padang di Shopee Liga 1 2019

Posted: 27 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Arema FC sedang merindukan bermain di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Singo Edan baru menjalani tiga partai tandang beruntun di kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Kerinduan bermain di depan publik sendiri akan terbayarkan ketika menjamu Semen Padang dalam laga pekan ke-25, Senin (28/10/2019) sore WIB. Ditambah lagi Arema ingin kembali meraih kemenangan setelah hanya bisa meraih dua kali imbang dalam tiga partai tandang lalu.

Di atas kertas, Arema diprediksi tidak kesulitan untuk menaklukkan Semen Padang lantaran tim lawan saat ini berada di zona degradasi. Sementara Arema berada di posisi ketujuh klasemen sementara.

Namun, tim Singo Edan punya masalah besar di laga ini. Total sembilan pemain tidak bisa diturunkan karena cedera, akumulasi kartu, dan memenuhi panggilan ke Timnas Indonesia U-22.

Selain di Indosiar, Arema vs Semen Padang juga bisa Anda saksikan melalui live streaming exclusive di Vidio Premier mulai 18.30 WIB, secara berlangganan melalui link ini....

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Utam Rusdiana (kiper); Ricky Ohorella, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Nasir (belakang); Hendro Siswanto, Jayus Hariono; Makan Konate (tengah); Dendi Santoso, Ahmad Nur Hardianto, Rifaldi Bawuoh (depan)

Semen Padang (4-4-2): Teja Paku Alam (kiper); M. Rifki, Dedi Gusmawan, Agung Prasetyo, Leo Guntara (belakang); Dedi Hartono, Yo Hyunko, Flavio Junior, Irsyad Maulana (tengah); Vanderley, Karl Marx (depan)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa

Posted: 27 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang akrab disapa Ahok atau BTP baru saja menjalani acara mitoni atau syukuran tujuh bulanan kehamilan istrinya, Puput Nastiti Devi. 

Pasangan yang menikah 25 Januari 2019 menggelar acara tujuh bulanan dengan adat Jawa. Ahok dan Puput sama-sama mengenakan busana khas Jawa warna cokelat. Ahok terlihat gagah dengan memakai blangkon, sementara Puput terlihat cantik dengan rambut disanggul.

Dalam acara tujuh bulanan Ahok dan Puput, dihadiri banyak tamu undangan termasuk Djarot Saiful Hidayat, Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta sejak 9 Mei 2017 menggantikan Basuki Tjahaja Purnama yang terkena kasus penodaan agama. Selain Djarot, ada banyak tamu undangan lainnya termasuk kerabat dekat Ahok dan Puput. 

"Hari ini, saya bersama ibu @novie_prasetyo hadir pada Mitoni Syukuran tujuh bulanan kehamilan mba Puput Nastiti Devi, istri sahabat saya Bapak @basukibtp. Saya dan keluarga berdoa semoga mba puput dan janin yang berada di dalam kandungan selalu diberikan kesehatan hingga lahir dan kelak menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua. Aamiin," tulis Prasetyo Edi Marsudi, kerabat dekat Ahok di akun Instagram @prasetyoedimarsudi, Senin (28/10).

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen tujuh bulanan Basuki Tjahaja Purnama dan Puput Nastiti Devi, Senin (28/10/2019).

1. Ahok menggelar acara mitoni atau tujuh bulanan kehamilan pada Minggu (27/10/2019).

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa (sumber: Instagram.com/prasetyodimarsudi)

2. Acara tujuh bulanan kehamilan Puput Nastiti Devi dihadiri oleh banyak tamu undangan.

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa (sumber: Instagram.com/maya.rth)

3. Dengan mengenakan busana adat Jawa, pria kelahiran 29 Juni 1966 tampak gagah sekali.

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa (sumber: Instagram.com/fransiscus_kelvin)

4. Dengan memakai blangkon, Ahok terlihat begitu antusias menjalani acara tujuh bulanan kehamilan istrinya.

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa (sumber: Instagram.com/fransiscus_kelvin)

5. Salah satu prosesi tujuh bulanan yang dilakukan Puput dan Ahok adalah tingkepan.

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa (sumber: Instagram.com/happydjarot)

6. Tingkepan adalah tradisi khas Jawa yang dilakukan khusus untuk selamatan tujuh bulan kehamilan.

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa (sumber: Instagram.com/happydjarot)

7. Tak hanya tingkepan, ada juga prosesi Puput menjadi penjual dawet dan Ahok dengan setia menemani Puput sambil memegang payung.

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa (sumber: Instagram.com/prasetyodimarsudi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahok Cium Mesra Istri di Acara 7 Bulanan Kehamilan

Posted: 27 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, tak berhenti. Setelah menikahi Puput Nastiti Devi pada 25 Januari 2019 lalu, kini keduanya segera menimang momongan.

Ya, istri Ahok, Puput, tengah mengandung calon anak mereka. Usia kehamilan Puput memasuki tujuh bulan.

Ahok dan istri, menggelar acara selamatan tujuh bulanan dengan adat Jawa. Tampak dalam video yang diunggah akun @fdphotography90 ini, Minggu (27/10/2019), Ahok mengenakan dua pakaian adat Jawa beskap warna biru dan cokelat.

Sementara, Puput tampak cantik memakai kebaya dengan warna senada dengan sang suami.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Ikuti Prosesi

Ahok bersama Puput Nastiti Devi (Foto: Instagram/@prasetyoedimarsudi)

Wajah Ahok begitu semringah saat mengikuti prosesi tujuh bulanan dengan adat Jawa. Seperti diketahui, Ahok merupakan pria kelahiran Belitung Timur.

Dalam video berdurasi singkat, terlihat Puput disirami bunga oleh sang suami.

Sementara, dalam akun Instagram Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Minggu (27/10/2019), tampak Ahok menemani sang istri melayani tamu dengan memberikan minuman. Ahok memayungi sang istri.

Dicium

Ahok bersama Puput Nastiti Devi (Foto: Instagram/@fdphotography90)

Usai siraman, sang istri mencium tangan Ahok. Atas instruksi MC, Ahok memberikan ciuman di kening Puput.

Kemudian, Ahok juga mencium calon anaknya bersama Puput.

Dihadiri Ketua DPRD DKI Jakarta

Ahok bersama Puput Nastiti Devi (Foto: Instagram/@prasetyoedimarsudi)

Perayaan tujuh bulanan Ahok dan istri digelar cukup meriah. Tak sedikit tamu undangan yang hadir, di antaranya Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, juga FD Photography, desainer Mayaratih.

Prasetyo dan istri, tak mau menyia-nyiakan momen dengan berpose bersama Ahok dan Puput.

 

Berikan Doa

Ahok dan Puput Nastiti Devi (instagram/fdphotographyofficial)

Dalam keterangan, Ketua DPRD DKI Jakarta ini tak lupa mendoakan kelancaran istri Ahok saat mengandung hingga melahirkan.

"Hari ini, saya bersama ibu @novie_prasetyo hadir pada Mitoni Syukuran tujuh bulanan kehamilan mba Puput Nastiti Devi, istri sahabat saya Bapak @basukibtp.

Saya dan keluarga berdoa semoga mba puput dan janin yang berada di dalam kandungan selalu diberikan kesehatan hingga lahir dan kelak menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua. Aamiin.

#mitoni #syukuran #tujuhbulan #kehamilan #puput #sahabat #btp," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Joget Tari Seka di Kaimana

Posted: 27 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jokowi dan Iriana serta jajaran pejabat negara ramai-ramai berjoget seka di Kaimana, Papua Barat. Jokowi dan Iriana nampak menikmati menari dengan warga sekitar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunggu Penetapan Gubernur, UMP 2020 DKI Jakarta Sebesar Rp 4,27 Juta?

Posted: 27 Oct 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha dan buruh masih menunggu berasan Upah Minumum Provinsi (UMP) 2020. UMP ini akan diumumkan secara serentak pada 1 November 2019.

Anggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, sesuai dengan PP Nomor 78 Tahun 2015, penetapan UMP 2020 dilakukan oleh Gubernur per 1 November 2019 dengan memperhatikan rekomendasi Dewan Pengupahah.

"Dewan Pengupahan telah memberikan rekomendasi dari 2 angka ke Gubenur dari 3 unsur yang ada di Dewan Pengupahan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Dia menjelaskan, unsur pengusaha dan pemerintan mengusulkan angka sesuai dengan PP 78 naik sebesar 8,51 persen di angka Rp 4.276.349. Sedangkan dari unsur Serikat Pekerja mengusulkan UMP sebesar Rp 4.619.878 atau naik sebesar 17 persen.

"Mereka tidak memakai rumusan PP 78 tahun 2015," kata dia.

Menurut Sarman, saat ini pengusaha masih menunggu besaran UMP yang ditetapkan oleh Gubernur. Dia berharap, kenaikan UMP 2020 sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sekarang kita tunggu kebijakan Gubernur tanggal 1 November 2019 untuk dapat menetapkan secara bijak untuk kepentingan bersama. Biasanya tanggal 1 November melalui Peraturan Gubernur," tandas dia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Buruh Tuntut UMP 2020 Naik hingga 15 Persen

Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/11). Para buruh mendesak Pemprov DKI Jakarta melakukan revisi UMP 2018 DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 8,51 persen sebagaimana yang disebutkan dalam Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan. Sebab kenaikan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (PP 78/2015) yang selama ini ditolak oleh buruh Indonesia.

Menurut Presiden KSPI Said Iqbal, yang seharusnya dilakukan pemerintah adalah segera merevisi PP 78/2015, khususnya terkait dengan pasal mengenai formula kenaikan upah minimum.

"Dengan demikian, dasar perhitungan UMP harus didahului dengan survei kebutuhan hidup layak di pasar," kata Iqbal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa KHL yang digunakan dalam survei pasar adalah KHL yang baru, yang sudah ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Adapun KHL yang baru tersebut berjumlah 78 item dari yang sebelumnya 60 item.

Menurut informasi, KHL baru sudah disepakati Dewan Pengupahan Nasional berjumlah 78 item. Namun demikian, KSPI menghitung KHL baru adalah 84 item.

Menurut Said Iqbal, jika perhitungan kenaikan upah minimum dihitung berdasarkan KHL yang baru tersebut, maka kenaikan upah minimum 2020 berkisar 10 persen-15 persen.

"Oleh karena itu, buruh menolak kenaikan upah minimum sebesar 8, 51 persen," tegasnya.

Terlebih lagi, di dalam UU Ketenagakerjaan diatur, dasar hukum kenaikan UMP/UMK adalah menghitung KHL dari survei pasar. Setelah hasil survey didapat, besarnya kenaikan upah minimun dinegosiasi dalam Dewan Pengupahan Daerah dengan memperhatikan faktor-faktor yang lain.

Temui Jokowi

Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah pimpinan serikat buruh di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jumat (26/4/2019). (Istimewa)

KSPI menilai, surat edaran tersebut melanggar UU Ketenagakerjaan. Apalagi sudah ada keputusan Mahkamah Agunh yang memenangkan buruh yang menyatakan menolak keputusan Gubernur Jawa Barat yang membuat keputusan terkait nilai upah minimum padat karya yang nilainya di bawah upah minimum yang berlaku.

Sebagai langkah tindak lanjut, kata Iqbal, pihaknya akan kembali menemui Presiden Jokowi untuk meminta agar segera membentuk Tim Revisi PP No 78 Tahun 2015 sesuai janji presiden yang disampaikan saat May Day 2019 dan pertemuan dengan KSPSI dan KSPI pada 1 Oktober 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Vendor Smartphone yang Bakal Rilis Android 10 Tahun Ini

Posted: 27 Oct 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persoalan yang masih dihadapi Android hingga saat ini adalah adopsinya yang masih belum merata. Maksudnya, dengan model perangkat yang beragam, adopsi versi Android terbaru kadang membutuhkan waktu sangat lama.

Oleh sebab itu, Google terus mendorong sejumlah manufaktur untuk menggunakan sistem Android terbaru di perangkat besutannya.

Terbaru, Google juga mengungkap sejumlah deretan manufaktur yang dipastikan akan segera mengadopsi Android 10 untuk perangkatnya. 

Dikutip dari GSM Arena, Senin (28/10/2019), beberapa manufaktur seperti Asus, LG, Motorola, Oppo, Realme, Samsung, Sharp, Sony, termasuk Vivo sudah berkomitmen untuk melakukan pembaruan Android 10 untuk perangkatnya hingga akhir tahun ini.

Sejumlah manufaktur tersebut menambah deretan perusahaan lain, seperti HMD Global (Nokia), Xiaomi, dan OnePlus yang sudah lebih dulu memperbarui produknya ke Android 10.

Untuk diketahui, Google memang memiliki program khusus yang diberi Project Treble. Program ini merupakan kolaborasi Google dengan manufaktur untuk mempercepat adopsi Android.

Dengan program ini, Google mengklaim rata-rata waktu pembaruan dari Android Oreo ke Pie menjadi tiga bulan saja. Karenanya, perusahaan berharap pembaruan ke Android 10 dapat berlangsung lebih cepat.

Android 10 Beta Meluncur untuk Samsung Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Untuk diketahui, sejumlah vendor smartphone sedang bersiap untuk merilis OS Android 10 untuk produk-produknya. Salah satunya adalah Samsung.

Dilansir GSM Arena, Minggu (27/10/2019), Samsung akhirnya merilis versi beta Android 10 untuk Galaxy Note 10. Para pengguna Galaxy Note 10 dilaporkan mulai menerima Android 10 beta, bersamaan dengan One UI 2.

Seorang pengguna Galaxy Note 10 asal Jerman, telah mengonfirmasi laporan itu. Software serupa disebut seharusnya juga sudah tersedia di Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Pembaruan software ini memakan ruang penyimpanan sebesar 1,8GB. Selain itu, Samsung juga merilis patch keamanan edisi November untuk Galaxy Note 10.

Pengguna yang ingin mendapatkan versi beta harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi Samsung Members. Usai mendapatkan persetujuan, pembaruan untuk versi beta akan muncul di menu Settings pada Galaxy Note 10 milik pengguna.

Persiapan Android 11

Android 10. Dok: mashable.com

Android 10 dirilis pada September 2019 dan baru tersedia pada beberapa smartphone, tapi Google sudah bicara soal versi terbaru OS tersebut.

Laporan baru ini muncul bersamaan dengan pengumuman rencana Google menggelar Android Dev Summit pada akhir Oktober 2019.

Dilansir Tech Radar, salah satu acara di dalam Android Dev Summit itu berjudul "Preparing Scoped Strorage in Android 11."

Laporan baru ini dinilai cukup menarik. Pasalnya, Google sebelumnya menggunakan kode untuk merujuk software yang akan dirilisnya.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Festival Pesona Edelweis Sukses Pikat Wisatawan Mancanegara Datang ke Karangasem

Posted: 27 Oct 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Karangasem Keindahan bunga edelweis atau yang disebut kasna oleh masyarakat Besakih, Karangasem, Bali, yang tampil dalam Festival Pesona Edelweis dijadikan daya tarik untuk memulihkan kepercayaan wisatawan mancanegara pasca-erupsi Gunung Agung beberapa waktu silam.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Prof. Dr. I Gde Pitana, Sabtu (26/10/2019) menjelaskan Festival Pesona Edelweis event ini merupakan salah satu rangkaian Program Bali Recovery 2019.

"Event ini sebagai salah satu komitmen pemerintah pusat untuk mengembalikan kepercayaan wisman untuk ke Bali khususnya Karangasem," katanya.

Ia juga menjelaskan, bunga edelweis dibudidayakan di lahan yang dikelola masyarakat seluas 32 hektar bekerja sama dengan pengelola Kawasan Hutan Jati Agung. Inovasi ini untuk membangkitkan perekonomian desa sehingga bunga kasna yang ada saat ini ada sejak turun–temurun.

Masyarakat setempat membudidayakan kasna untuk upacara setiap Galungan dan Kuningan sebagai sarana palawa di Bali.

"Apresiasi yang sangat tinggi kepada masyarakat. Saya selalu ingatkan, apapun bisa dijadikan daya tarik wisata, asalkan kita kreatif dan berani mempromosikannya keluar. Dan ini anugerah dari Tuhan, masyarakat harus memanfaatkannya," kata Pitana.

I Gede Pitana juga menerangkan, pasar pariwisata di tingkat Internasional terus tumbuh, berkembang, dan tidak pernah turun. Wisatawan internasional tercatat jumlah pergerakannya mencapai 1,2 miliar jiwa pada 2018.

"Indonesia sendiri memperoleh 17 juta wisman pada 2018. Kita harus menarik wisatawan lebih banyak lagi ke Tanah Air. Untuk wisatawan nusantara sendiri tercatat, 278 juta orang selama setahun. Itu berarti setiap tahun wisatawan berpergian lebih dari dua kali selama satu tahun," katanya.

 

Festival Pesona Edelweis, Karangasem, Bali.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, Festival Pesona Edelweis merupakan Festival yang diselenggarakan guna mengembangkan potensi wisata buatan yang terdapat di kabupaten Karangasem. Tema Festival Pesona Edelweis 2019 adalah harmoni bunga keabadian.

"Dimana artinya edelweis menonjolkan hamparan bunga kasna yang berwarna putih bersih tidak terlihat layu, seperti semangat pemuda di desa besakih pantang menyerah selain itu juga warna putih bersih memberikan kesan kedamaian bagi para pengunjung yang sedang menikmati keindahan bunga kasna atau edelweis,' ujar Bupati Karangasem.

I Gusti Ayu Mas Sumatri juga menjelaskan sejarah keberadaan bunga kasna yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana upacara. Namun seiring dengan berkembangnya sosial media, banyak wisatawan nusantara yang mengabadikan momen dengan menjadikan bunga kasna sebagai salah satu latar dari pengambilan foto.

 

Festival Pesona Edelweis, Karangasem, Bali.

"Kita dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung, dengan memberikan informasi terkait dengan apa itu bunga kasna, bagaimana cara membudidayakannya, dan apa saja kegunaannya," ujarnya.

Nantinya wisatawan yang berkunjung tidak hanya memanfaatkan bunga kasna sebagai latar foto yang mereka upload di sosial media, namun juga dapat mengetahui secara keseluruhan dari kasna atau edelweis itu sendiri.

Festival Pesona Edelweis juga diisi berbagai kegiatan seperti pameran potensi ekonomi kreatif Kabupaten Karangasem, One Day Tour Pesona Edelweis oleh 35 Travel Agent, Edukasi budi daya bunga edelweis bagi siswa SD/SMP, adapula aneka perlombaan, pertunjukan musik, tarian, serta seminar.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem 2-1 Jalur Puncak Dinilai Tak Efektif Kurangi Macet

Posted: 27 Oct 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Dari hasil uji coba kanalisasi 2-1 di jalur Puncak, Jawa Barat sebagai pengganti sistem buka tutup lalu lintas pada hari Minggu, 27 Oktober 2019 kemarin, masih terjadi kemacetan di sejumlah titik.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (28/10/2019), menurut Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan Hindro Surahmat, sistem baru ini masih perlu dievaluasi kembali.

Alasannya, masih terjadi kemacetan di sejumlah titik di sepanjang jalur Puncak. Selain banyaknya keluar masuk kendaraan di tempat wisata, kemacetan juga disebabkan masih banyaknya pedagang kaki lima dan penyempitan jalan.

"Setelah kita lakukan uji coba 2-1 tadi pagi berjalan lancar sampai ke atas, terus pada saat kembali dari Cisarua turun, terjadi kemacetan terutama di sekitar Pasar Cisarua," kata Sekretaris BPTJ Hindro Surahmat.

Uji coba kanalisasi 2-1 juga menuai kritik dari warga kawasan Puncak karena sistem baru ini dinilai tidak efektif.

Guna menghindari kemacetan yang lebih parah, pihak Satlantas Polres Bogor kembali memberlakukan sistem buka tutup jalur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 6 Potret Harmonis Keluarga Ari Lasso

Posted: 27 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Ari Lasso tentunya sudah tidak asing lagi bagi penikmat musik Tanah Air. Penyanyi dan musisi ini sudah memulai kariernya sejak tahun 1990-an. Pada kala itu ia bergabung dalam grup band Dewa 19 bersama Ahmad Dhani.

Seiring berjalannya waktu, pemilik nama lengkap Ari Bernardus Lasso ini mundur dari band yang membesarkan namanya. Pria asal Jawa Timur ini memilih bersolo karier. Kini, Ari Lasso berhasil menciptakan dan menyanyikan banyak lagu terkenal yang disukai masyarakat sampai sekarang.

Tak hanya itu, Ari Lasso juga menjadi juri diberbagai ajang pencarian bakat menyanyi. Kesuksesannya tersebut dijadikan sebagai sosok inspirasi bagi penyanyi lainnya. Selain kariernya, Ari Lasso dikenal sebagai sosok ayah yang hangat.

Seperti diketahui, pria berusia 46 tahun ini sudah menikah denga Vita Dessy pada 1999 silam. Sudah 20 tahun menikah, kehidupan rumah tangganya selalu jauh dari gosip miring. Ari Lasso dikenal sebagai salah satu artis Indonesia yang tidak mengumbar kehidupan pribadinya. Namun, beberapa kali ia kerap membagikan momen bersama dengan keluarga kecilnya.

Menjadi artis populer di Indonesia tentunya membuat para penggemarnya penasaran dengan keluarga Ari Lasso. Berikut potret Ari Lasso dan keluarga yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/10/2019).

1. Meski sibuk berkarier menjadi penyanyi dan musisi, Ari Lasso kerap menghabiskan waktu bersama keluarga.

Ari Lasso (Sumber: Instagram/@ari_lasso)

2. Ari Lasso saat bersama dengan keempat anaknya, penuh dengan kehangatan.

Ari Lasso (Sumber: Instagram/@ari_lasso)

3. Ari Lasso kerap mengajak keluarga kecilnya untuk berlibur bersama.

Ari Lasso (Sumber: Instagram/@ari_lasso)

4. Begini potret Ari Lasso dan ketiga putrinya, kompak banget.

Ari Lasso (Sumber: Instagram/@ari_lasso)

5. Punya empat anak, Ari sangat dekat dengan masing-masing anaknya.

Ari Lasso (Sumber: Instagram/@ari_lasso)

6. Momen Ari Lasso saat berkunjung ke rumah mertua, keluarga bahagia.

Ari Lasso (Sumber: Instagram/@ari_lasso)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Kekuatan Per Lini Duel Persib Vs Persija

Posted: 27 Oct 2019 09:20 PM PDT

Bali - Persib Bandung akan menjamu Persija Jakarta pada laga pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (28/10/2019). Laga ini bakal berlangsung sengit karena menjadi panggung adu tajam bomber asal Eropa.

Persib Bandung dan Persija Jakarta sama-sama belum mencapai performa konsisten musim ini. Persib berada di peringkat ke-11 dengan raihan poin 28, sedangkan Persija ada tiga tingkat di bawah dengan selisih empat poin.

Pada laga terakhir, Persib hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta (23/10/2019). Situasi sama dialami Persija, yang ditahan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, dengan skor 0-0 (24/10/2019).

Selain soal kemenangan, laga ini juga diwarnai bumbu-bumbu rivalitas panjang antarkedua kelompok suporter. Laga diprediksi tak hanya akan panas di dalam lapangan, melainkan juga di luar. 

Kendati, pada pertandingan kali ini dimainkan di lokasi netral. Panpel pertandingan juga hanya memberi jatah 10 ribu tiket khusus untuk pendukung Persib dan melarang kedatangan suporter Persija.

Meski begitu, suasana panas kerap terjadi di dunia maya. Saling ejek antarwarganet mengiringi duel bergengsi ini. Jadi, bisa dipastikan kedua tim akan tampil ngotot demi meraih kemenangan. Lantas, siapa saja pemain yang diprediksi akan memegang peranan penting dalam laga nanti?

Berikut ini duel antarlini yang kemungkinan bakal terjadi dalam laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta versi Bola.com:

Belakang

Bek Persib, Nick Kuipers, saat laga melawan Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Kabupaten Bandung (14/9/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Persib Bandung dikenal sebagai satu di antara tim dengan lini belakang tangguh pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Hal itu tak terlepas dari peran Nick Kuipers yang diduetkan dengan Achmad Jufriyanto.

Kedua pemain adalah palang pintu Maung karena memiliki postur tubuh tinggi. Nick Kuipers berpostur 190 cm, sedangkan Jufriyanto memiliki tinggi 182 cm. Keunggulan itulah yang bakal dimanfaatkan keduanya untuk mencegah bola-bola udara.

Selain itu, Persija juga memiliki pemain berkualitas di lini belakang. Klub berjulukan Macan Kemayoran itu bakal mengandalkan Xandao dan Fachrudin Aryanto, yang juga punya postur tubuh tinggi dan siap mencegah umpan-umpan silang khas Persib. 

Tengah

Gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, berebut bola dengan pemain Kalteng Putra, Rizky Dwi Febrianto, pada laga Liga 1 2019 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (20/8). Persija menang 3-0 atas Kalteng Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persija bakal mengandalkan Rohit Chand di lini tengah. Pemain asal Nepal itu dikenal sebagai sosok yang bisa mengantur tempo permainan Macan Kemayoran.

Rohit Chand juga tak segan terkadang out of the box untuk sekadar membantu serangan atau pertahanan. Keberadaan Rohit akan didukung Ramdani Lestaluhu sebagai motor serangan Persija.

Adapun di Persib Bandung ada sosok Omid Nazari, yang sejauh ini sudah bermain dalam enam pertandingan. Selama Omid bermain, Persib hanya kalah sekali dalam enam laga.

Kehadiran Omid berguna buat Persib, terutama dalam proses transisi bertahan ke menyerang maupun menyerang ke bertahan.

Depan

Striker Persib Bandung, Kevin van Kippersluis, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persebaya Surabaya pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Jumat (18/10). Persib menang 4-1 atas Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Sementara itu, pertandingan ini akan berlangsung menarik karena menjadi panggung dua bomber asal Eropa. Persib Bandung memiliki penyerang asal Belanda, Kevin van Kippersluis, sedangkan Persija akan mengandalkan bomber asal Kroasia, Marko Simic.

Bicara ukuran kolektivitas gol, Kevin van Kippersluis memang baru mencetak satu gol dalam tujuh laga yang dimainkannya. Namun, tak jarang kehadiran Kevin van Kippersluis selalu menebar ancaman di lini belakang lawan.

Adapun Marko Simic merupakan pemain tersubur yang dimiliki Persija musim ini. Pemain berusia 31 tahun sudah mencetak 15 gol dalam 21 laga yang membuatnya berada di papan atas pencetak gol terbanyak sementara Shopee Liga 1 2019.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Aning Jati, published 28/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kemenangan Randy Pangalila di Duel One Pride MMA

Posted: 27 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Randy Pangalila memang usdah tidak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Randy sendiri mulai berkarier di dunia hiburan Tanah Air sejak 2007. Ia mengawali kariernya sebagai model dan aktor. Selain itu ia juga melebarkan sayapnya di dunia tarik suara.

Tak hanya tampan dan jago akting, ternyata pria kelahiran Surabaya ini juga pandai bertarung. Kepawaiannya bertarung ini dibuktikan dengan prestasinya di ajang MMA. Randy Pangalila keluar sebagai pemenang Duel One Pride MMA dengan partai bertajuk Celebrity Match, Sabtu (28/10/2019).

Tak tanggung-tanggung, ia pun berhasi menjadi pemenang menghadapi rekan sesama artis, yakni Adhi Pawitra, lewat kemenangan TKO di ronde pertama. Mantan kekasih Donita itu juga tampil memukau layaknya atlet duel profesional.

"Saya mempersiapkan diri tiga kali lebih berat dari pertarungan tahun lalu. Selama satu bulan penuh saya mempersiapkan diri di bawah arahan pelatih Max Metino," ujar pemegang sabuk biru Brazilian Jiu Jitsu itu.

Hal ini diketahui publik dari unggahannya di Instagram, Minggu (27/10/2019). Berikut 6 momen kemenangan Randy Pangalila di Duel One Pride MMA yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/10/2019).

1. Pria 28 tahun ini nampaknya menunjukkan passion menjadi petarung professional. Hal ini ditunjukkan dengan menekuni dunia MMA.

Momen Kemenangan Randy Pangalila (sumber: instagram/randpunk)

2. Bukan yang pertama kali, ia juga pernah terlihat beberapa kali berlaga di MMA.

Momen Kemenangan Randy Pangalila (sumber: instagram/randpunk)

3. Lewat Celebrity Fight One Pride MMA Pro Never Quit, Randy Pangalila berhasil menunjukkan kemampuannya yang luar biasa di dunia tarung.

Momen Kemenangan Randy Pangalila (sumber: instagram/randpunk)

4. Walaupun sempat hampir hilang kesadaran, usaha keras pemain sinetron 'Cinta Fitri' ini mampu mengalahkan lawannya.

Momen Kemenangan Randy Pangalila (sumber: instagram/randpunk)

5. Leg kick bertubi-tubi yang dilepaskan Randy, membuat kaki Adhi Pawitra kesakitan dan memaksanya kalah KO.

Momen Kemenangan Randy Pangalila (sumber: instagram/randpunk)

6. Di akhir pertandingan, pelantun Lewat Semesta ini tak kuasa menahan air mata saat dirinya dinobatkan menjadi pemenang Celebrity Fight One Pride MMA Pro Never Quit tahun ini.

Momen Kemenangan Randy Pangalila (sumber: instagram/randpunk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Bebas Melenggang ke Hiroshima International Film Festival 2019

Posted: 27 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di luar dugaan, film Bebas bertahan lama di bioskop. Kabarnya, memasuki pekan kedua film Bebas baru menemukan penontonnya. Hingga artikel ini disusun,  jumlah penonton film Bebas mendekati 500 ribu. 

Di Jakarta misalnya, film Bebas masih menguasai 16 layar. Yang bikin bangga, film Bebas melenggang ke Hiroshima International Film Festival, November 2019.

Kabar bahagia ini kali pertama disampaikan produser Mira Lesmana, lewat Instagram pada Sabtu (25/10/2019). Di Jepang, film Bebas menjalani sesi international premiere.

 

Kenalan

Film yang diadaptasi dari film box office Korea berjudul 'Sunny' ini menceritakan tentang kehidupan remaja SMA di zaman 90an. (Liputan6.com/IG/@maiiizura)

Ketika dihubungi Showbiz Liputan6.com, Mira Lesmana bercerita pada Juni 2019, Tomoko Nishizaki dari Hiroshima Film Commission sempat berkenalan dengannya dan Riri Riza di acara Asian Project Market di Korea Selatan. 

"Tomoko mengontak Miles Films dan meminta kesediaan Riri Riza untuk hadir di Hiroshima International Film Festival 2019. Mereka bertanya tentang film Bebas. Tomoko sangat tertarik pada film Bebas dan ingin menonton untuk kemungkinan masuk seleksi Hiroshima International Film Festival 2019," ujar Mira Lesmana.

 

Tertarik

Film Bebas (Instagram/ milesfilms)

Merespons tawaran ini, Mira Lesmana mengirimkan screener dan tautan film Bebas ke pihak Hiroshima International Film Festival. Ternyata setelah menonton, pihak festival langsung menyampaikan ketertarikannya dan menyeleksi film Bebas untuk programnya tahun ini. 

"Tentu kami semua senang, menerima undangan mereka, sekaligus menjadikan Hiroshima International Film Festival 2019 sebagai International Premiere bagi film Bebas," beri tahu produser Ada Apa Dengan Cinta? dan Laskar Pelangi via telepon, Sabtu sore.

 

Kehormatan

Tidak hanya itu, Riri Riza sang sutradara film Bebas mendapat kehormatan di Hiroshima International Film Festival 2019.  

"Riri Riza juga terpilih menjadi salah satu juri untuk program Short Film Competition Hiroshima International Film Festival 2019 ini," ujar produser kelahiran 8 Agustus 1964 ini.

 

Adaptasi

Bebas diadaptasi dari film Korea Selatan, Sunny, yang mencetak box office. Bebas dibintangi Marsha Timothy, Widi Mulia, Baim Wong, Susan Bachtiar, dan Indy Barends. Bebas mengisahkan persahabatan 6 siswa SMA dengan latar Jakarta tahun 1995.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi 7 Negara Atas Tewasnya Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi di Suriah

Posted: 27 Oct 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dikonfirmasi tewas dalam serangan militer Amerika Serikat di Suriah pada Minggu 27 Oktober 2019 dini hari waktu lokal --kata Presiden AS Donald Trump.

Selama konferensi pers pada hari Minggu, Trump mengatakan al-Baghdadi telah "di bawah pengawasan selama beberapa pekan."

Menurut Trump, pemimpin ISIS itu tewas setelah melarikan diri ke sebuah terowongan di desa Barisha. Ia terpojok oleh pasukan khusus AS yang memburunya, memicu Baghdadi meledakkan rompi bom bunuh diri dan menewaskan dirinya serta tiga anaknya.

Dalam pengumuman tersebut, Trump mengucapkan terima kasih kepada Turki, Suriah, Irak, Rusia dan Kurdi Suriah atas kerja sama mereka.

Reaksi dunia terhadap berita itu telah terpecah, dengan beberapa pemimpin menyebutnya sebagai titik balik dalam perang melawan "terorisme" sementara beberapa pemerintah mengecilkan signifikansinya."

Berikut reaksi sejumlah negara atas kematian Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (28/10/2019).

1. Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Yasin Bulbul / Pool via AP)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, tewasnya Baghdadi "menandai titik balik dalam perjuangan bersama kita melawan terorisme."

"Turki akan terus mendukung upaya bersama melawan terorisme," kata Erdogan dalam unggahan di akun Twitter resminya.

"Turki telah membayar mahal dalam melawan ISIS, PKK/YPG (Kurdi) dan kelompok teroris lainnya. Kami sangat menyambut perkembangan ini."

"Saya percaya, pergulatan melawan terorisme, selaras dengan semangat aliansi, akan membawa perdamaian bagi kemanusiaan," jelasnya.

2. Rusia

Seorang peserta mengibarkan bendera Rusia saat mendegarkan pidato Vladimir Putin dalam sebuah kampanye di stadion Luzhniki di Moskow (3/3). Putin pun telah bersiap untuk memperoleh periode keempatnya sebagai presiden Rusia. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Kementerian pertahanan Rusia bereaksi terhadap berita itu dengan skeptis, dengan mengatakan "mereka tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya mengenai operasi AS."

"Kementerian Pertahanan Rusia tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya tentang prajurit AS yang melakukan (operasi) di bagian yang dikontrol Turki dari zona de-eskalasi Idlib, sebuah operasi untuk 'mengeliminasi' lagi mantan pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi," Mayor Jenderal Igor Konashenkov dikutip oleh kantor berita lokal RIA mengatakan.

3. Israel

Bendera Israel (AFP)

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut peristiwa itu sebagai "pencapaian yang mengesankan."

"Ini mencerminkan tekad kita bersama, Amerika Serikat dan semua negara bebas, untuk memerangi organisasi teror dan negara-negara teroris," demikian pernyataan dari kantornya.

"Prestasi ini merupakan tonggak penting, tetapi kampanye masih di depan kita," tambahnya.

4. Iran

Bendera Iran (Atta Kenare / AFP PHOTO)

Menteri Informasi Iran, Mohammed Javad Azari-Jahromi mengatakan dalam tweet bahwa pembunuhan al-Baghdadi adalah "bukan masalah besar. Anda baru saja membunuh makhluk Anda sendiri".

Ia tidak mengelaborasi lebih lanjut, tetapi Iran sering menuduh AS menciptakan ISIS, tanpa memberikan bukti.

 

5. Bahrain

Bendera Bahrain (stockphoto)

Menteri Luar Negeri Bahrain Khalid bin Ahmed Al Khalifa memuji langkah itu dan mengatakan itu adalah "pukulan fatal" bagi ISIS.

"Pembunuhan penjahat Abu Bakar al-Baghdadi adalah pukulan berat bagi organisasi teroris ISIS. Kami salut kepada saudara-saudara dan sekutu kami atas upaya dan keberhasilan mereka dalam menemukan dia dan menyingkirkannya."

6. Prancis

Ilustrasi bendera Prancis (AFP/Ludovic Marin)

Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly memberi selamat kepada AS tetapi memperingatkan bahwa perang melawan ISIS masih akan terus berlanjut.

"Baghdadi: Pensiun dini untuk seorang teroris, tetapi tidak untuk organisasinya. Kami akan melanjutkan perang melawan Daesh (ISIS) tanpa istirahat, dengan mitra kami, menyesuaikan diri dengan keadaan regional baru."

"Saya mengucapkan selamat kepada sekutu Amerika kami untuk operasi ini. Pikiran saya hari ini adalah untuk semua korban kegilaan Baghdadi dan para penjahat yang mengikutinya."

7. Inggris

Ilustrasi (iStock)

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan ini adalah "momen penting," tetapi juga memperingatkan pertempuran melawan ISIS "belum berakhir."

"Kami senantiasa bekerja dengan koalisi dan membawa akhir bagi rezim pembunuh, dan aktivitas barbar ISIS," lanjut Boris.

Pasukan Kurdi Suriah (SDF)

Perang Turki Vs Kurdi Suriah. (AFP PHOTO/NAZEER AL-KHATIB)

Sementara itu, Komandan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin oleh Kurdi mengatakan, pencapaian ini adalah hasil dari "kerja sama intelijen bersama."

"Selama lima bulan terakhir, telah ada kerja sama intelijen di lapangan dan pengawasan yang akurat, berujung pada operasi bersama yang berhasil membunuh Abu Bakir al-Baghdadi," kata Komandan Mazloum Abdi.

"Terimakasih kepada semua orang yang berpartisipasi dalam misi hebat ini #@realDonaldTrump #SDF #USArmy #Rojava #Baghdadi."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Sumpah Pemuda, Basarah Bahas Bahasa Persatuan

Posted: 27 Oct 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tepat hari ini, Indonesia memperingati Sumpah Pemuda ke-91. Dalam peringatan ini, ada bisa diteladani yaitu semangat persatuan nasional. Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.

Maka tidak mengherankan jika dalam Kongres Pemuda II begitu kental dengan simbol-simbol persatuan. Sebagai contoh, mengapa saat itu tidak Bahasa Jawa yang dipilih sebagai Bahasa Persatuan?

Bahasa Jawa dianggap memiliki stratifikasi sosial yang ketat dan berkebudayaan tinggi, padahal bangsa yang hendak diwujudkan adalah bangsa egaliter.

Jika Bahasa Jawa dipilih sebagai bahasa persatuan, maka kesan yang muncul akan lebih mengukuhkan posisi dominan orang Jawa dan berpotensi menyebabkan disintegrasi bangsa yang akan dibentuk. Demi Persatuan Nasional maka dipilihlah Bahasa Melayu.

"Bahasa Melayu adalah Lingua Franca (bahasa perhubungan) yang menjembatani pergaulan antar suku dan perdagangan serta antar wilayah. Bahasa Melayu terbuka dan demokratis sehingga terpilih sebagai Bahasa Persatuan," jelas dosen tetap Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut.

Dijelaskan Basarah, pelajaran penting lain yang bisa dipetik dari momentum Sumpah Pemuda adalah soal peran dan partisipasi peranakan Tionghoa dan keturunan Arab. Tempat yang digunakan sebagai lokasi deklarasi Sumpah Pemuda tahun 1928 di jalan Kramat Raya Nomor 106 (kini Museum Sumpah Pemuda) adalah rumah milik peranakan Tionghoa Sie Kong Liong.

Kemudian empat orang peranakan Pemuda juga hadir dalam Kongres Pemuda II. Mereka adalah Kwee Thiam Hong, Oey Kay Siang, John Liauw Tjoan Hok, dan Tjio Djin Kwie.

Selanjutnya Surat kabar berbahasa Melayu-Tionghoa, Sin Po adalah adalah surat kabar yang pertama kali memuat Lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman, dimuat pada edisi mingguan No. 293 tanggal 10 November 1928.

Sejarah juga mencatat peran AR Baswedan dalam menggelorakan semangat Sumpah Pemuda di kalangan peranakan Arab. AR Baswedan menjadi motor penggerak Sumpah Pemuda keturunan Arab yang dilaksanakan di Semarang pada 4 Oktober 1934.

Ada tiga pernyataan sumpah pemuda Keturunan Arab: Pertama, Tanah air peranakan Arab adalah Indonesia. Kedua, Peranakan Arab harus meninggalkan kehidupan menyendiri (mengisolasi diri), dan Ketiga, Peranakan Arab memenuhi kewajibannya terhadap tanah air dan bangsa Indonesia.

"Inilah pesan kebangsaan penting yang bisa kita teladani. Bahwa sejak awal fondasi bangsa Indonesia adalah keberagaman. Puspa ragam kemajemukan tersebut, tidak hanya sebagai modal utama bangsa Indonesia, melainkan sebagai warisan dari generasi terdahulu. Karena itulah sudah menjadi kewajiban bagi generasi penerus untuk menjaga dan merawatnya," terang Ketua Umum Persatuan Alumni GMNI itu.

Di sisi lain, Basarah juga menyoroti dinamika kehidupan pemuda di era milenial. Menurutnya ada banyak perbedaan mencolok antara pemuda dahulu dengan pemuda kekinian.

Sumpah Pemuda sepakat menyatukan perbedaan dengan memperkuat identitas nasional, sedangkan pemuda di era kekinian justru sibuk memperdebatkan perbedaan. Dulu Pemuda menghasilkan Sumpah Pemuda. Namun kini, sebagian pemuda mendeklarasikan Sumpah Khilafah. Sumpah Pemuda sepakat menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa dan simbol persatuan, namun pemuda di era milenial justru mencampuradukan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing.

"Sebagai bangsa Indonesia kita wajib bangga dengan Bahasa Indonesia. Terlebih Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 63 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Perpres tersebut tidak hanya sebagai upaya meneguhkan identitas kebangsaan, melainkan sebagai upaya memperkokoh karakter bangsa," demikian penjelasan Basarah.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desentralisasi Kawasan Industri jadi PR Menperin Agus Gumiwang

Posted: 27 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penetapan Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian (Menperin) dalam Kabinet Indonesia Maju, dibarengi dengan ekspektasi tinggi kinerja industri nasional bisa meningkat signifikan selama lima tahun ke depan.

Institute for Development Economics and Finance (Indef) memberi sejumlah catatan pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Agus dalam mengemban amanat sebagai komandan sektor manufaktur.

Peneliti Senior Indef Enny Sri Hartati menilai jabatan Menperin di periode kedua Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukanlah pekerjaan yang ringan.

Jika melihat catatan Badan Pusat Statistik (BPS), kerja keras yang harus dilakukan di sektor manufaktur tercermin dari realisasi pertumbuhan industri pengolahan yang secara tahunan (year on year/YoY) baru menembus angka 3,54 persen di kuartal II 2019.

Angka tersebut melambat dari periode yang sama tahun sebelumnya (kuartal II 2018) sebesar 3,88 persen. Bahkan, sampai pertengahan tahun 2019 laju pertumbuhan ekonomi sektor manufaktur merupakan yang paling kecil sejak kuartal II 2017 atau dua tahun lalu. Padahal, pemerintah memasang target pertumbuhan industri bisa mencapai 5,4 persen sampai akhir 2019 nanti.

"Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam tiga tahun terakhir di bawah Pak Airlangga Hartarto (Menperin terdahulu) kinerjanya jeblok. Padahal beliau berpengalaman di Komisi VI DPR yang membidangi sektor industri, dan juga anaknya mantan Menperin," ujar Enny di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Padahal menurut Enny, Airlangga mampu menulis dengan sangat baik buku berjudul 'Merajut Asa, Membangun Industri Menuju Indonesia yang Sejahtera dan Berkelanjutan' di akhir masa jabatannya sebagai Menperin.

"Di buku itu sangat komplit sekali dipaparkan permasalahan sektor industri nasional. Anehnya, selama tiga tahun di Kemenperin, juga tidak dilakukan. Sehingga yang harus dilakukan Pak Agus adalah berkonsultasi dengan Pak Airlangga apa yang menyebabkannya tidak bisa mengeksekusi semua programnya selama tiga tahun kemarin," kata Enny.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Dua PR Utama Agus Gumiwang

Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita sebut kawasan Tangerang Raya adalah kawasan intensitas tinggi penyebaran hoaks.

Indef menurut Enny telah memetakan dua PR utama yang harus bisa diselesaikan Agus Gumiwang apabila ingin dibilang sukses sebagai Menperin, yaitu melakukan Desentralisasi Industri sekaligus Sentralisasi Perizinan agar investor sektor pengolahan tertarik masuk ke Indonesia.

"Pengembangan kawasan industri ke Indonesia Timur memang harus dilakukan karena lahan di Jawa sudah eksklusif sekali. Selain itu kalau ingin memberikan nilai tambah bagi sumber daya alam komoditas melalui industrialisasi memang harus dilakukan di Indonesia Timur yang punya basis tambang, perkebunan, atau kelautan dan perikanan," jelasnya.

Namun, Enny mengingatkan fasilitas di kawasan industri baru di luar Jawa masih sangat terbatas dari sisi infrastruktur maupun konektivitas. Hal tersebut membuat investor enggan berinvestasi disitu.

"Untuk kawasan di luar jawa harus ada intervensi dan inisiasi pemerintah. Kalau menunggu swasta masuk jadi kelamaan, karena swasta itu kan hanya bicara untung rugi. Apalagi pemerintah belum bisa menjamin kepastian pasokan energi dan pembangunan jalan menuju kawasan dan sebagainya. Padahal kalau ada itu, pasti ada daya tarik bagi tenant untuk masuk dan memungkinkan swasta tertarik membangun kawasan industri," tegas Enny.

Ia mengingatkan, pemerintah sebelumnya telah sukses membuka 10 kawasan industri baru yakni Morowali, Bantaeng, Konawe, Palu, Sei Mangkei, Dumai, Ketapang, Gresik, Kendal, dan Banten. Enny menyarankan kepada Kemenperin untuk bisa menjadikan minimal dua diantaranya sebagai pilot project kawasan industri ideal yang menarik minat investor untuk masuk karena sudah tersedia pasokan energi, infrastruktur dan baik konektivitasnya.

"Daripada membangun lagi yang baru, lebih baik 10 yang sudah dibangun itu direalisasikan minimal satu atau dua sebagai pilot project," jelasnya.

 

Sentralisasi Perizinan

Pemberian Layanan Cepat Perizinan 3 jam terkait infrastruktur di Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM3J).

PR Kemenperin lainnya yang tidak kalah penting menurut Enny adalah harus mampu mendorong disetujuinya perizinan investasi satu pintu dalam rapat Kabinet Indonesia Maju.

Ia menjelaskan mengapa Vietnam belakangan ini muncul sebagai surga baru penanaman modal karena investor dimanjakan bukan hanya dengan fasilitas fiskal maupun non fiskal saja, tetapi juga diberikan pelayanan yang memudahkan urusan bisnisnya di negara tersebut.

Enny menjelaskan di Indonesia ada banyak tipe kawasan industri, mulai dari Kawasan Ekonomi Khusus, Kawasan Berikat Nasional, sampai Free Trade Zone seperti di Batam. Namun, fasilitas yang diberikan kepada investor tidak jelas seperti yang disebutkan dalam peraturan pembentukan kawasan tersebut.

"Bandingkan dengan Vietnam, mereka kalau sudah menetapkan di suatu kawasan si investor bisa mendapatkan fasilitas tertentu ya itu yang diberikan, tidak bersyarat seperti di Indonesia. Contohnya dalam paket stimulus ekonomi sudah disebutkan ada tarif khusus listrik dan gas untuk industri, tapi kenapa jadi Omdo semua," tegas Enny.

Hal lain yang menurutnya bisa dicontoh dari negara lain, termasuk dalam pengurusan berbagai proses administrasi birokrasi.

"Jadi hampir semua kawasan industri yang ada di negara-negara tetangga kita itu single authority. Jadi satu kewenangan siapa yang mengelola kawasan tersebut. Investor ya tahunya berurusan dengan pengelola tersebut. Nanti misalnya pengelola harus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kementerian Teknis, maka itu urusannya pengelola. Sementara di Indonesia kan nggak seperti itu, investor mengurus masing-masing sesuai kewenangan instansi yang diatur Undang-undang. Itu bikin ribet, dan orang jadi malas investasi ke Indonesia," kritiknya.

Pemegang gelar Doktor dari Institut Pertanian Bogor itu juga mengingatkan Presiden Jokowi untuk tidak berkaca pada program 100 hari Menperin yang baru, dalam menilai keberhasilan atau kegagalan pejabat yang dipilihnya.

"Karena masyarakat itu nggak antusias dengan program kerja 100 hari atau 10 hari yang penting ada kebijakan konkret. Karena kalau di sektor teknis, tidak bisa dalam jangka waktu yang pendek bisa langsung dilihat hasilnya. Minimal Menteri terkait bisa melakukan debottle necking saja sudah sangat bagus itu," jelas Enny.

 

Fokus Kerja Kabinet Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi sendiri telah menekankan fokus kerja Kabinet Indonesia Maju dalam lima tahun ke depan adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM), penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha kecil, mikro, dan menengah.

Visi tersebut akan dilanjutkan oleh Kemenperin melalui berbagai program dan kebijakan strategis yang telah dijalankan.

"Semua yang dijalankan oleh Menteri sebelumnya, bapak Airlangga sudah baik, tugas saya hanya melanjutkan. Tetapi ada tugas-tugas yang harus segera diselesaikan, sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden," kata Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita pada akhir pekan.

Agus mengungkapkan, pihaknya akan mendorong transformasi sektor manufaktur dan pembangunan wilayah-wilayah industri.

"Bahkan, Bapak Presiden secara khusus menekankan pada pengembangan sektor industri kecil dan menengah (IKM)," papar Agus.

Berdasarkan program prioritas peta jalan Making Indonesia 4.0, pemerintah fokus untuk mengakselerasi sektor manufaktur agar melakukan transformasi ke arah industri 4.0 atau digitalisasi. Upaya strategis ini dinilai bisa meningkatkan produktivitas secara lebih efisien sehingga mampu mendongkrak daya saing.

Melalui penerapan industri 4.0, diyakini bisa mengoptimalkan potensi pada penambahan pertumbuhan ekonomi sekitar 1-2 persen dari baseline pertumbuhan 5 persen, peningkatan kontribusi industri terhadap PDB hingga 25 persen, peningkatan net export sebesar 10 persen, dan menciptakan sebanyak 17 juta lapangan kerja. Aspirasi besar dari sasaran tersebut, menjadikan Indonesia masuk dalam jajaran 10 negara yang punya perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030.

Sedangkan Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar, mengatakan pada pemerintahan Joko Widodo jilid II, pengembangan dan keberadaan kawasan industri sangat penting dalam menyokong pembangunan ekonomi nasional.

"Pengelola dan pengembang kawasan industri turut membantu program hilirisasi industri manufaktur yang dicanangkan pemerintah dengan memberikan fasilitas yang ada di dalam kawasan. Hilirisasi industri pengolahan sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya alam yang ada dan meningkatkan serapan tenaga kerja," katanya.

Hilirisasi industri, menurut Sanny, diarahkan untuk meningkatkan ekspor sehingga menambah devisa negara.

"Ujungnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan kata lain peran kawasan industri menjadi penting dan strategis untuk pembangunan ekonomi, khususnya bagi industri manufaktur," ujar Sanny.

Lebih lanjut, persoalan industri manufaktur menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun dunia usaha. Bagi pengembang kawasan industri, hal ini penting karena kewajiban yang tertuang dalam UU Nomor 3/2014 tentang Perindustrian yang menyatakan bahwa perusahaan industri yang akan menjalankan industri wajib berlokasi di kawasan industri. Selain itu, fasilitas yang ada dalam kawasan industri dan sekitarnya ikut mempengaruhi daya saing produk industri.

"Pengelola dan pengembang bertanggung jawab dalam menyediakan fasilitas jaringan telekomunikasi, logistik, listrik, pembuangan limbah, dan lainnya di dalam kawasan industri. Pada tahun-tahun ke depan, pembangunan ekonomi nasional akan didukung oleh pertumbuhan industri pengolahan yang harus lebih baik dari sebelumnya," tuturnya.

Sanny menambahkan, sebagai upaya mendukung pemerataan ekonomi, pihaknya meminta anggotanya untuk mendorong industri keluar Jawa, terutama daerah-daerah yang memiliki potensi sumber daya alam, baik tambang, agro, maupun kelautan.

Luas kawasan industri yang sudah beroperasi di Jawa tercatat sebesar 34.050,93 hektare dan di luar Jawa sebesar 13.161,83 hektare. Adapun, luas kawasan industri di Jawa yang dalam tahap persiapan sebesar 3.523 hektare dan luar Jawa sebesar 35.320,83 hektare.

Pada tahun lalu, sektor industri pengolahan memberikan kontribusi sebesar 19,86 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), atau paling tinggi dibandingkan sektor lainnya. Sektor ini juga menjadi penggerak kegiatan ekonomi lainnya karena kehadiran industri manufaktur di suatu daerah akan memberikan multiplier effect.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Cukup Raih 7 Gelar Selama 2019, Kevin / Marcus Masih Ambisius

Posted: 27 Oct 2019 09:15 PM PDT

Paris - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon telah mengoleksi tujuh gelar juara pada 2019. Teranyar, ganda putra peringkat satu dunia itu menjuarai Prancis Terbuka 2019.

Menghadapi wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Minggu (27/10/2019) dini hari WIB, Kevin/Marcus tampil meyakinkan. Kevin/Marcus pun menang straight set 21-18, 21- 16 atas Satwiksairaj/Chirag dalam waktu 35 menit.

Hasil ini memperpanjang hegemoni Kevin/Marcus atas Satwiksairaj/Chirag. Dari enam pertemuan terakhir, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menyapu bersih kemenangan.

"Lawan cukup kuat, tenaganya juga kencang saat menyerang. Jadi kami mencoba terus menekan mereka," kata Kevin selepas pertandingan final Prancis Terbuka 2019, dalam rilis dari PBSI.

Keberhasilan di Prancis Terbuka 2019 membuat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sudah meraih tujuh gelar juara pada tahun ini. Sebelumnya, duo Minions merengkuh titel juara di Malaysia Masters, Indonesia Masters, Indonesia Open, Jepang Terbuka, China Terbuka, dan Denmark Terbuka.

"Tentunya kami sangat senang. Kami selalu melakukan yang terbaik dan berusaha menikmati setiap pertandingan. Bulutangkis sangat menyenangkan buat kami," ujar Marcus.

"Tetapi, masih ada beberapa turnamen lagi yang harus kami hadapi tahun ini setelah Prancis Terbuka 2019. Semoga hasilnya bisa bagus terus. Yang pasti kami mau usaha terus," lanjutnya.

Indonesia Bawa Pulang 2 Gelar

Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, menjuarai Prancis Terbuka 2019, Minggu (27/10/2019). (PBSI)

Dengan demikian Indonesia berhasil memboyong dua gelar juara dari Prancis Terbuka 2019. Selain Kevin/Marcus, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga menjadi juara pada turnamen level Super 750 tersebut.

Praveen/Melati menang 22-24, 21-16, 21-12 atas wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Sayangnya, Jonatan Christie harus puas menjadi runner-up. Jojo menelan kekalahan 19-21 dan 12-21 dari unggulan kelima, Chen Long.

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat/Aning Jati, published 28/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nadiem Makarim: Lihatlah Saya, Ternyata Anak Muda Bisa Jadi Menteri

Posted: 27 Oct 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan dirinya merupakan salah satu menteri termuda yang pernah dimiliki Indonesia. Kata mantan bos Gojek itu, terpilihnya dia sebagai orang nomor satu dalam lingkungan Kemendikbud itu harus menjadi tonggak kebangkitan anak muda.

"Maksudnya saya adalah ini suatu sinyal, suatu sinyal bahwa ini saatnya pemuda bangkit. Ini saatnya pemuda bukan hanya bagaimana caranya sukses untuk dirinya, tapi juga bangsanya," kata Nadiem Makarim di Komplek Kemendikbud, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Kaum muda, kata Nadiem Makarim, harus melihat dirinya. Apabila dia sebagai pemuda bisa menjadi menteri, maka begitu pun bagi pemuda lain. Namun, dia mengakui banyak kendala hingga ia duduk di kursi menteri, termasuk kendala dalam hal birokrasi.

"Esensi dari pidato saya adalah lihat lah saya ternyata bisa loh anak muda di sini dan walaupun berapa sulitnya kadang-kadang birokrasi, betapa banyaknya tantangan dan tanggung jawab begitu besar, tetap saja melangkah ke depan," katanya.

Meskipun menemui kegagalan, kata Nadiem Makarim, pemuda harus tetap melangkah. Menurut dia, kegagalan hanya terjadi ketika tidak mau mencoba.

"Satu-satunya kegagalan itu kalau kita diam di tempat, itu maksud saya," ia menegaskan.

 

Jiwa Kepimpinan

Nadiem juga mengatakan, pemuda jika ingin memiliki jiwa kepimpinan harus sejak usia muda peduli dengan bangsanya. Bukan hanya sekadar memikirkan urusannya sendiri atau egois.

"Sebenarnya kepemimpinan, terutama kepemimpinan pemuda itu harus muda-muda dia memikirkan bagaimana saya bisa melayani, bukan hanya sukses sendiri gitu," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bahaya Cat Kuku bagi Kesehatan, Wajib Waspada

Posted: 27 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cat kuku tentunya bisa membuat penampilan seorang wanita menjadi semakin menarik. Dengan berbagai warna yang ditawarkan, kamu tidak akan bosan melihat tampilan kuku kamu. Mewarnai kuku bisa menambah kepercayaan diri dan memperbaiki mood.

Namun, di balik manfaatnya tersebut, ternyata ada berbagai kandungan berbahaya dalam cat kuku. Berbagai kandungan berbahaya ini dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan yang tentunya tidak bisa disepelekan begitu saja.

Bahaya cat kuku bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan zat yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, kamu wajib memperhatikan kandungan zat pada cat kuku sebelum menggunakannya. Selain itu, bila memang tetap ingin mengecat kuku, sebaiknya pilih cat kuku dari bahan alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/10/2019) tentang bahaya cat kuku bagi kesehatan. 

Kandungan Berbahaya dalam cat kuku

Cat Kuku / Sumber: iStockphoto

Formalin atau Formaldehyde

Kandungan berbahaya pertama dalam cat kuku adalah formalin atau formaldehyde. Zat ini dapat berwujud gas atau cairan. Formalin tidak hanya berbahaya saat dikonsumsi saja, namun juga ketika kamu menghirupnya. Jika digunakan dalam waktu yang lama, formaldehyde (formalin) akan menyebabkan timbulnya berbagai jenis kanker, sakit kepala, iritasi pada mukosa hidung, mulut, dan tenggorokan, kerusakan kulit, serta kematian.

Dalam bentuk gas, formaldehyde ini akan langsung masuk ke paru-paru dan berikatan dengan gas yang lain. Padahal, gas dalam paru-paru akan diambil dan dialirkan melalui peredaran darah. Senyawa formaldehyde dengan oksigen dapat meracuni tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit secara mendadak.

Zat Toluene

Zat Toluene merupakan pelarut zat kimia lain dalam cat kuku yang berfungsi mempertajam warna. Toluene dapat merusak sistem saraf jika digunakan dalam jangka panjang. Dalam jangka pendek, pengguna juga dapat merasakan gejala seperti iritasi mata, pusing, dan mudah lupa. Meskipun sudah dilarang penggunaannya, namun sebagian besar produsen cat kuku masih menggunakan bahan ini.

Etil Asetat

Selanjutnya, ada bahan untuk membekukan cat kuku yang biasanya meninggalkan bau yang khas, yaitu Etil Asetat. Zat kimia ini digunakan untuk mengeraskan cat kuku. Padahal, zat ini dapat menyebabkan gangguan saraf dan organ dalam seperti ginjal, jantung, dan paru-paru.

Bahaya Cat Kuku Bagi Kesehatan

Ilustrasi kuku/copyright shutterstock

Meningkatkan Risiko Kanker

Bahaya cat kuku bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menginkatkan risiko kanker. Dosis formalin yang terlalu tinggi menyebabkan kanker, karena formalin memiliki sifat karsinogen.

Menurut National Institute of Health, resin formaldehida, khususnya yang beraroma kuat, bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Terpapar resin formaldehida dalam waktu lama bisa menyebabkan batuk atau tersedak. Bahkan, paparan parah bisa menyebabkan kematian karena adanya pembengkakan di tenggorokan serta melukai paru-paru.

Resin formaldehida ialah produk sampingan dari formaldehida dalam cat kuku. Berdasarkan penelitian, resin formaldehida dapat menyebabkan iritasi kulit parah, reaksi alergi, hilangnya sensasi saraf hingga depigmentasi kulit.

Iritasi pada Mata dan Hidung

Iritasi pada Mata

Bahaya cat kuku lainnya adalah menyebabkan iritasi pada mata. mungkin kamu sedikit heran karena penggunaan cat kuku tentunya hanya di kuku, namun malah menimbulkan dampak pada mata.

Jadi cat kuku mengandung zat toluene yang dapat merusak sistem saraf. Hal ini juga berdampak jika cat kuku mengenai mata, maka mata akan iritasi dan akan berwarna kemerah-merahan. Untuk itu ketika menggunakan cat kuku, jangan terlalu sering mengucek mata.

Iritasi Hidung

Sama dengan sebelumnya, hidung juga merupakan bagian muka yang sering berinteraksi dengan tangan atau kuku. Jika kamu menggunakan cat kuku, dan sering mengenai hidung, maka akan terjadi iritasi. Hal ini terjadi karena daerah hidung juga sensitif terdadap zat formalin dan toluene yang ada pada cat kuku.

Pusing dan Gangguan Jantung

Pusing

Sama halnya dengan iritasi mata, pusing juga disebabkan karena adanya zat toluene yang dapat merusak sistem saraf. Sistem saraf pada otak akan terganggu karena adanya zat toluene yang terhirup terus menerus.

Jika terhirup sesekali saja mungkin tidak akan begitu berpengharuh hingga merasakan pusing, namun jika terlalu sering, maka saraf pada otak tidak akan bertahan lama sehingga kamu akan merasakan pusing.

Gangguan Jantung

Gangguan jantung ini dipengaruhi oleh zat etil asetat yang terkandung di dalam cat kuku. Gas dari etil asetat yang masuk ke dalam hidung akan diteruskan ke jantung, dan jantung akan menyebarkan darah ke seluruh tubuh.

Jadi bahaya yang ditimbulkan akibat zat etil asetat ini bisa menjangkit ke seluruh tubuh.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Ninja, Kawasaki Hadirkan Z250 4 Silinder?

Posted: 27 Oct 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tokyo Motor Show 2019 menjadi saksi kehadiran Kawasaki Ninja 250 4 silinder atau ZX-25R. Motor ini berbeda dibanding para kompetitornya, karena mengadopsi mesin 4-silinder berkapasitas 250 cc.

Kemunculannya pun menimbulkan rumor bahwa Kawasaki Z250 akan mennyusul Kawasaki ZX-25R. Ya, naked-bike itu diisukan juga akan mengusung mesin 4-silinder inline.

Namun, sampai saat ini masih belum ada konfirmasi dari pihak Kawasaki terkait hal tersebut. Namun, pada tahun 2000 silam, pabrikan asal Jepang itu pernah menghadirkan Kawasaki ZR-25 Balius.

Desain

Ya, naked-bike tersebut mengusung mesin 4-silinder inline DOHC berkapasitas 249 cc liquid-cooled. Tenaga yang dihasilkan mencapai 39,5 Tk dengan torsi maksimum 20,4 Nm.

Hanya saja, desainnya tak seeksotis Kawasaki Ninja 250 4 silinder atau ZX-25R, nenek moyang Kawasaki ZX-25R. Naked-bike ini justru terkesan konvensional dan mirip motor-motor lain di masanya.

Tengok saja bentuk tangki, cover samping, dan bodi belakangnya yang melengkung halus. Selain itu, lampu, speedometer, dan spionnya yang bulat, dengan jok tandem di bagian tengah.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

 

 

Kaki-Kaki

Kawasaki ZR-25 Balius (ist)

Sektor kaki-kaki kawasaki ZR-250 Balius pun tak seistimewa Kawasaki Ninja ZX-R 250. Naked-bike ini hanya dibekali dengan suspensi depan teleskopik, bukan upside-down.

Bagian belakangnya pun masih ditopang dual-suspension. Meski demikian, peredam kejut ini menggunakan sistem tabung yang membuat peredamannya menjadi lebih baik.

Sistem pengeremannya pun biasa saja. Meskipun dirilis jauh lebih awal, Kawasaki ZX-R 250 telah menggunakan dual-disc brake di roda depan. Sedangkan Kawasaki ZR-250 Balius hanya dibekali 1 rem cakram.

Sumber: Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cantiknya Marsha Timothy Pakai Tenun Sumba Koleksi Biyan

Posted: 27 Oct 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Marsha Timothy baru saja mengunggah potret berada di Sumba, Nusa Tenggara Timur untuk menjalani sesi pemotretan. Istri Vino G. Bastian tersebut tampil dalam balutan busana tenun Sumba koleksi desainer ternama, Biyan Wanaatmadja.

Mengenakan koleksi bertajuk Humba Hammu, deretan pose apik Marsha Timothy dijepret oleh fotografer Boy Sembiring. Lokasi pemotretan pun dilakukan di Savana Puru Kambera, Sumba Timur.

Salah satu potret yang diunggah Biyan lewat Instagram @biyanofficial menampilkan Marsha yang menunggangi kuda dengan dikelilingi para pemuda setempat yang juga kompak naik kuda. Konsep foto ini ternyata terinspirasi dari karakter Marlina dari film yang dimainkan Marsha bertajuk Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.

"Ter inspirasi dari karakter Marlina sebagai simbolisasi kekuatan dan independensi wanita dengan latar belakang keindahan Sumba yang luar biasa mengagumkan," tulis Biyan di caption.

Sedangkan, Marsha juga membagikan potret masih saat memakai koleksi Biyan lengkap dengan anting-anting, dan cat kuku warna merah gelap. Ia terlihat berjongkok sembari tersenyum manis.

Ibunda Jizzy Pearl Bastian ini memegang tangan anak kecil asli yang juga dalam balutan kain tenun khas Sumba. Anak perempuan berambut pendek yang mengenakan sandal jepit dan gelang itu diketahui bernama Rambu.

"The little girl's name is Rambu... #sumba #purukambera (Nama gadis kecil ini adalah Rambu)" tulis Marsha Timothy di kolom keterangan di potret yang diunggah pada Senin (28/10/2019) pagi.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Di Balik Koleksi Humba Hammu

Berikut koleksi Humba Hammu persembahan Biyan untuk pengrajin Sumba. (Foto: Liputan6.com/Meita Fajriana)

Kecintaan Biyan pada kain Nusantara salah satunya diwujudkan lewat koleksinya bertajuk Humba Hammu yang diluncurkan pada November 2017 lalu. Dalam bahasa Sumba, Humba Hammu berarti Sumba yang indah.

Sang desainer ingin menerjemahkan keindahan warisan budaya yang dimiliki Sumba dalam karya-karya apik. Biyan menyadari pentingnya perajin dari daerah terpencil seperti Sumba.

Lewat koleksi ini, Biyan mengeksplorasi kain tenun Sumba yang didesain menjadi gaun, kemeja, dan dipadu dengan material lain yakni teknik patchwork yang merupakan ciri khas Biyan. Ada pula sentuhan detail seperti bordir, beading, fringe, hingga sulaman kerang yang memperkaya cerita.

Tenun Sumba yang berkarakteristik rustic dipadu dengan material seperti silk lame, jacquard, hingga katun yang dibuat dalam ragam siluet yaitu outerwear, blus, jaket, dan coat.

Koleksi Humba Hammu dari Biyan menceritakan ada sebuah daerah indah bernama Sumba dengan panorama alam yang cantik, seni budaya tenun ikat khususnya, hingga hunian tradisional. Di sana ada pula pusara megalitikum dan hamparan sabana yang luas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Shopee Liga 1 2019: Badak Lampung vs Persipura di Indosiar

Posted: 27 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Liga 1 pekan ke-25 kembali bergulir hari ini. Badak Lampung akan menantang Persipura Jayapura di Stadion Sumpah Pemuda.

Badak Lampung saat ini masih tertahan di posisi ke-17 klasemen Shopee Liga 1 2019. Mereka mengoleksi 23 poin dari 24 pertandingan.

Sementara Persipura berada di posisi keempat klasemen. Mereka mengoleksi 37 poin dari 22 laga.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Badak Lampung vs Persipura akan dimulai pukul 15.30 WIB di Vidio.com.

Dapatkan link live streaming Shopee Liga 1 di halaman berikutnya...

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Link Live Streaming

Gelandang Perseru Badak Lampung, Marcus Cunha, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persela Lamongan pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (11/9). Perseru bermain imbang 1-1 atas Persela. (Bola.com/Yoppy Renato)

Untuk link live streaming Shopee Liga 1 Badak Lampung Vs Persipura silakan klik link berikut ini...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Forum WHO, Penny Ungkap Kiat BPOM Atasi Peredaran Obat Palsu di Indonesia

Posted: 27 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jenewa Saat menghadiri pertemuan Member States Mechanism on Substandard and Falsified Medical Products (MSM-SFMP) ke-8 di Markas Besar WHO, Jenewa, Swiss pada Kamis (24/10/2019), Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito menceritakan, pengalaman dan kemajuan menangani peredaran obat palsu di Indonesia.

Penanganan ini memberikan jaminan akses obat yang aman, berkhasiat, dan bermutu kepada masyarakat.

Bentuk upaya menangani peredaran obat palsu berupa aksi Nasional yang dilakukan dengan tiga pendekatan strategis, yaitu Strategi Pencegahan, Deteksi/Pengawasan dan Respons/Penindakan. Strategi yang digunakan mengacu kepada Strategi Penanggulangan Obat Substandar dan Palsu WHO (Prevention, Detection, Response).

Strategi Pencegahan melalui Comprehensive Legal Framework dengan menerbitkan peraturan tentang Penerapan 2D Barcode dalam Pengawasan Obat dan menyusun peraturan tentang Pengawasan Peredaran Obat secara daring. Kerjasama multi stakeholder melalui Penandatanganan MoU dengan asosiasi ekspedisi, asosiasi e-commerce, marketplaces, dan transportasi daring juga dilakukan.

"Strategi Pencegahan peredaran obat palsu demi pemahaman, kewaspadaan, dan pemberdayaan masyarakat terhadap penyalahgunaan obat. Caranya, penerapan Education and Awareness dengan melibatkan figur publik, influencer, dan blogger dalam mengedukasi masyarakat," imbuh Penny melalui keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Senin (28/10/2019).

Strategi Deteksi

Polisi tangkap pelaku pembuat obat paten palsu. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Pada Strategi Deteksi, BPOM memiliki system risk-based inspection and surveillance yang baik. Sistem ini dibuktikan pada saat WHO Benchmarking tahun 2018 yang  berhasil menilai kapasitas regulatori BPOM berkategori matang (mature).

Kerjasama BPOM dan WHO dalam Pilot Project Pelaporan Obat Substandar dan Palsu oleh tenaga kesehatan melalui Aplikasi Smartphone pada tahun 2018 mendapat tanggapan positif dari lintas sektor.

Hal itu memberikan manfaat kepada banyak pihak, khususnya dalam pengawasan obat di peredaran. Dalam periode 6 bulan, pilot project yang melibatkan 129 tenaga kesehatan dari 62 fasilitas kesehatan berhasil menghimpun informasi pelaporan.

Ada 17 produk yang dilaporkan, yang terdiri dari 15 produk (satu produk dilaporkan dua kali dan satu produk anonim). Dalam pelaporan itu, tidak ditemukan produk palsu. Hanya ditemukan satu produk substandar, yang selanjutnya telah dilakukan recall.

"Pentingnya mekanisme pelaporan tersebut mendorong BPOM untuk melanjutkan program tersebut. Kami mengembangkan tools pelaporan melalui aplikasi BPOM Mobile, yang diharapkan diimplementasikan pada tahun 2020 dengan menjangkau seluruh provinsi di Indonesia," Penny menerangkan.

Strategi Respons

BPOM dan Polri menggerebek pabrik pembuat obat palsu di Tangerang.

Strategi Respons merupakan upaya penegakan hukum terkait pemberantasan obat ilegal dan penyalahgunaan obat. Hal ini melalui intensifikasi operasi penyelidikan dan penegakan hukum dengan lembaga penegak hukum lainnya.

"Kerjasama yang dilakukan dengan e-commerce, asosiasi ekspedisi, dan transportasi daring mendukung penelusuran pelaku produksi dan distribusi obat palsu untuk mengungkap aktor utama pemalsuan obat melalui pertukaran data dan informasi," tutur Penny.

Penny berharap kerjasama dan kolaborasi antarnegara anggota WHO dalam forum MSM untuk penanggulangan obat substandar dan obat palsu menjadi lebih efektif dalam melindungi kesehatan masyarakat.

Yang paling penting juga menjamin akses obat yang aman, bermutu, dan berkhasiat bagi masyarakat.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ARM Bakal Lanjutkan Kerja Sama dengan Huawei

Posted: 27 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perancang cip ARM akan melanjutkan kerja sama dengan Huawei. Tim legal ARM memutuskan teknologi cip miliknya berasal dari Inggris dan tidak akan melanggar kebijakan Amerika Serikat (AS), sehingga bisa kembali bekerja sama dengan Huawei.

Dilansir dari Reuters, Senin (28/10/2019), Huawei menggunakan cetak biru ARM untuk mendesain prosesor yang menyokong smartphone besutannya. Hubungan kedua perusahaan sempat terancam selama beberapa bulan lalu.

ARM pada Mei lalu menghentikan hubungan bisnis dengan Huawei, setelah AS melarang perusahaan-perusahaan negaranya berbisnis dengan Huawei, termasuk menggunakan produk buatan AS. Kembalinya ARM akan mengurangi tekanan yang dihadapi Huawei.

Huawei sampai saat ini masih kesulitan menggunakan produk-produk AS, termasuk aplikasi buatan Google. Meski perusahaan mendapatkan penangguhan hukuman hingga November 2019, Huawei tetap kehilangan akses terhadap beberapa teknologi.

Adapun cip eksklusif Huawei, seperti prosesor mobile Kirin 990, dan chipset AI Ascend 910 dibangun di atas arsitektur desain ARM.

"v8 dan v9 milik ARM adalah teknologi yang berasal dari Inggris. ARM dapat memberikan dukungan kepada HiSilicon untuk arsitektur v8-A, serta generasi berikutnya dari arsitektur ini. Hal ini berdasarkan tinjauan komprehensif dari kedua arsitektur yang telah ditentukan berasal dari Inggris," ungkap juru bicara ARM kepada Reuters melalui surat elektronik.

Komunikasi dengan Pihak AS

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Sejauh ini belum jelas apakah larangan AS akan memengaruhi desain arsitektur cip ARM di luar generasi Arm v8-A.

"ARM secara aktif berkomunikasi dengan pejabat departemen mengenai segala dukungan untuk mitra kami HiSilicon. Kami tetap yakin kami beroperasi dalam parameter pedoman," ujar juru bicara tersebut.

Huawei saat ini berada di tengah sengketa perang dagang antara AS dan Tiongkok. Pemerintah AS menuding Huawei mengancam keamanan nasional karena peralatannya dapat digunakan oleh pemerintah Tiongkok untuk memata-matai. Huawei telah berulang kali membantah produknya menimbulkan ancaman.

Bisnis Huawei selama beberapa bulan terakhir terganggu. Namun, berdasarkan laporan yang dipublikasikan pada pekan lalu, pendapatan perusahaan tetap tangguh dalam menghadapi kebijakan pemblokiran AS. Pendapatan Huawei selama sembilan bulan 2019 tumbuh 24,4 persen menjadi 610,8 miliar yuan.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Raffi dan Nagita Kenakan Busana Pengantin Minangkabau

Posted: 27 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presenter dan aktor ternama Raffi Ahmad memang telah memutuskan untuk berhenti sementara dari industri hiburan Tanah Air. Ia dan sang istri Nagita Slavina juga menyempatkan diri untuk pergi berlibur bersama anggota keluarga dan para asisten.

Pasangan suami istri ini memang diketahui ingin menghabiskan waktu bersama dengan anak semata wayang mereka, Rafathar. Keduanya pun mulai berkunjung ke kota-kota lain seperti Bandung, Lampung, Padang serta Medan. Pada saat mengunjungi kota Padang, Raffi Ahmad juga menyebut jika sang istri Nagita Slavina memiliki darah keturunan Minang.

Tak lupa pula keduanya mengunjung tempat wisata yang ada di kota Padang, termasuk berkunjung ke rumah adat Minangkabau. Tak hanya berkunjung dan melihat-lihat saja, Raffi dan Nagita Slavina atau yang akrab disapa Gigi ini juga kompak mengenakan busana pengantin adat Minangkabau. Keduanya pun memilih untuk mengenakan busana berwarna merah dengan kombinasi warna emas. Pasangan ini juga mengunggah foto tersebut di akun Instagram @raffinagita1717 pada Minggu (27/10/2019) kemarin.

Penasaran bagaimana penampilan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dalam busana adat Minangkabau? Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @raffinagita1717, Senin (28/10/2019) berikut ini beberapa gaya Raffi dan Gigi dalam busana pengantin Minangkabau.

1. Penampilan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini mampu membuat pangling netizen.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

2. Keduanya juga menyempatkan foto di depan rumah adat Padang saat mengenakan busana pengantin Minangkabau ini.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

3. Penampilan Raffi Ahmad dan Nagita juga menjadi sorotan para wisatawan.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

4. Tak sedikit pula netizen yang memuji keduanya saat kembali mengenakan busana pengantin.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

5. Nagita sendiri mengenakan busana pengantin khas Minangkabau ini lengkap dengan Suntiang loh.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

6. Keduanya memang cukup sering mengunggah foto saat liburan di akun Instagram pribadinya.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

7. Beberapa selebritis juga turut berkomentar saat pasangan yang menikah pada 17 Oktober 2014 ini mengenakan busana pengantin adat Minangkabau.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Jokowi Saat Kunjungi Pegunungan Arfak

Posted: 27 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Papua - Setibanya di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju langsung disambut tarian tumbu tanah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (28/10/2019), Jokowi kemudian mendapat paparan mengenai pembangunan di daerah setempat dari Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy.

Dalam sambutannya, Jokowi berjanji akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur khususnya jalan antara Manokwari ke Pegunungan Arfak, begitu juga sebaliknya.

"Sudah disampaikan oleh Pak Bupati kepada saya, Pak Gubernur mengenai yang pertama, jalan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak, Pak Bupati menyampaikan minta segera diselesaikan dan diaspal. Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian, yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari," ujar Jokowi.

Selain meningkatkan roda perekonomian, pembangunan jalan Manokwari ke Pegunungan Arfak juga diharapkan bisa mendongkrat dunia pariwisata setempat.

Sebab, di Pegunungan Arfak terdapat dua danau yang memiliki potensi wisata, yakni Anggi Giji dan Anggi Gida.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Kerusuhan di Penajam Paser Utara Dapat Bantuan Rp2 Miliar

Posted: 27 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Penajam Paser Utara - Sebanyak 352 jiwa dari 94 Kepala Keluarga, warga calon Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang menjadi korban kerusuhan beberapa waktu lalu, akan mendapat kucuran bantuan dana lebih dari Rp2 miliar.

Plt Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Penajam Paser Utara, H Ahmad Usman, Senin (28/10/2019) mengatakan, bantuan itu datang dari berbagai pihaknya, di antaranya Kementerian Sosial sebesar Rp2,3 miliar untuk membantu pembangunan rumah warga yang terbakar, masing-masing Kepala Keluarga mendapatkan Rp25 juta.

Kemudian, lanjutnya, bantuan dari Kemensos juga berupa dana bagi 21 UMKM yang terbakar masing-masing sekitar Rp3 juta, lalu bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltim sebesar Rp250 juta berupa dana tunai. Lalu bantuan dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sebesar Rp170 juta bersumber dari anggaran Bantuan Sosial Tak Terduga APBD PPU tahun 2019.

"Selain itu juga bantuan uang tunai yang berhasil dikumpulkan dari para dermawan, baik lembaga pemerintah, swasta, ormas maupun perorangan total mencapai lebih dari dua ratus juta," kata Ahmad.

Ia menjelaskan, selain bantuan uang tunai langsung atau melalui rekening milik korban, mereka juga mendapatkan bantuan sejumlah bahan pokok dan kebutuhan mendasar lainnya, yang nilai mampu bertahan hingga kurang lebih enam bulan kedepan.

Dibeberkannya, bantuan tersebut akan diberikan kepada setiap kepala keluarga pada Selasa (29/10/2019) besok setelah pemerintah menetapkan status tanggapan darurat secara resmi ditutup.

"Pemerintah daerah telah menetapkan status tanggapan darurat selama 14 hari sejak Rabu (16/10/2019) lalu hingga Selasa (29/10/2019). Harapannya bantuan yang diberikan berupa uang bisa dijadikan sebagai sewa rumah sebelum rumah para korban itu rampung dibangun," katanya.

Sementara itu, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto mengatakan, untuk membantu pembangunan rumah warga yang terbakar akibat konflik sosial tersebut, pihaknya akan mengerahkan Batalyon Zeni Tempur (Zipur) 17/Ananta Dharma (AD).

"Kami telah melakukan komunikasi dengan pak Bupati PPU, Abdul Gafur Ma'ud terkait bantuan tenaga kerja dari Batalyon Zipur tersebut. Dan kami menunggu kapan tenaga itu diterjunkan untuk melakukan pembangunan rumah itu," ungkapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: