Senin, 14 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tuai Banyak Kritikan, Kostum Halloween Toy Story Malah Ludes Terjual

Posted: 14 Oct 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karakter Toy Story sudah menemani masa kecil banyak orang. Tokoh Buzz dan Woody yang ikonik banyak memberikan inspirasi, tak hanya kepada anak kecil, tapi orang dewasa pula. Salah satunya kepada sebuah brand pakaian Fashion Nova.

Brand asal Amerika ini terinspirasi membuat koleksi pakaian untuk Halloween yang jatuh pada 31 Oktober nanti bertema Toy Story. Tradisi perayaan Halloween yang selama ini identik dengan keseraman, perlahan mulai berubah ke arah yang lebih seksi.

Dilansir dari Mirror, 14 Oktober 2019, Fashion Nova mengeluarkan pakaian yang bernuansa Buzz dan Woody. Tapi, pakaian ini dibuat khusus untuk wanita dan terdapat modifikasi yang cukup banyak dari bentuk pakaian aslinya.

Sadar akan hal tersebut, mereka tidak secara gamblang mengatakan bahwa pakaian mereka merupakan edisi Toy Story. Fashion Nova menamai desain pakaian yang mirip dengan pakaian koboi yang mirip dengan Woody dengan 'New Sheriff in Town' dan pakaian Buzz yang lekat dengan unsur astronot dan luar angka dengan nama 'Infinite & Beyond'.

Meskipun unik, desain pakaiannya cukup terbuka sehingga membuat para pemakai dapat memperlihatkan lekuk tubuhnya. Bahkan, dengan jelas dapat memamerkan bagian dada dan bokong.

Dengan harga sekitar 69,99 dolar, setara dengan Rp988 ribu, pakaian yang dijual di laman resmi Fashion Nova ini ludes terjual. Bahkan, banyak orang yang bertanya dan meminta di kolom komentar Instagram mereka agar dilakukan restock sebelum 31 Oktober.

Tuai Cibiran

Petinggi studio Pixar sudah memiliki gambaran mengenai konsep Toy Story 4 yang tak melanjutkan tiga film sebelumnya.

Kendati ludes terjual, ada pula beberapa orang yang tidak suka dengan desain ini. Mereka menganggap brand tersebut membuat citra tokoh utama Toy Story itu berubah.

Lekat dengan anak-anak, pakaian yang terlalu seksi ini dirasa dapat membuat imajinasi mereka berubah. Seorang warganet menuliskan, "masa kecil hancur.

Lalu, ada juga yang menuliskan komentar sarkasme, "aku meragukan apakah orang yang membelinya benar-benar menggunakannya untuk Halloween?" dan "simpan saja kostumnya untuk klub telanjang".

Selain karakter Toy Story, Fashion Nova juga menyediakan berbagai kostum Halloween seksi lainnya dengan berbagai tema. Contohnya, karakter Joker, Harley Quinn, putri duyung, dan yang lainnya. (Novi Thedora)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kocak, Netizen Ini Salah Sebut Nama-Nama Karakter di Comic Con

Posted: 14 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Indonesia Comic Con 2019 dilaksanakan pada 12 hingga 13 Oktober 2019 lalu di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Comic Con merupakan festival budaya pop yang dilaksanakan setiap tahun.

Festival ini dihadiri banyak cosplay dan miniatur karakter dari film Hollywood, anime, komik, hingga gim yang populer. Mulai dari Marvel, Terminator, Yu-Gi-Oh, hingga Gundala. Comic Con menjadi 'surga' bagi para pecinta budaya pop.

Jalan-Jalan ke Comic Con

instagram @tbputera

Akun twitter @tbputera terlihat berjalan-jalan ke Comic Con pada Minggu (13/10/2019). Hal tersebut terlihat dari unggahan pada akun twitter dan instagramnya. Melalui story pada akun instagram @tbputra, ia memperlihatkan suasana di Shopee Indonesia Comic Con 2019.

Video Twitter

twitter @tbputera

Unggahan berbeda terlihat pada akun twitternya berupa sebuah video berdurasi 20 detik. Pada video tersebut, ia menyebutkan beberapa karakter yang ada di Comic Con. Tetapi, semua karakter yang ia sebutkan namanya justru salah.

"Barry Prima!" ujarnya sambil menunjuk gambar Arnold Schwarzenegger dalam video tersebut.

Dibalas Joko Anwar

twitter @tbputera

Akun twitter @tbputera mengaku langsung mengedit video tersebut menggunakan gawainya melalui aplikasi adobe rush. Joko Anwar yang disebut dalam video tersebut sebagai Thanos membalas cuitan TB Putera dengan emoticon menangis.

twitter @jokoanwar

Netizen pun ikut mengomentari kelucuan video tersebut.

"Bilang 'si komo!' nya bernada bahagia🤣🤣" - @mikirberlebih

"Receh bgt dah😂" - @EkoSayangEmak

"Cuman john cena yang bener" - @supersabroman10

"klo deket udah gue keplakin nih 😂😂😂" - @ardibhironx

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Beberkan Pencapaian 5 Tahun Jokowi-JK

Posted: 14 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menjadi pembicara dalam acara Apindo Investment & Trade Summit, di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Menko Darmin menyampaikan beberapa capaian selama lima tahun Pemerintahan Jokowi-JK.

Menko Damrin mengatakan, selama lima tahun bergabung di pemerintahan telah banyak capaian yang dirasakan oleh masyarakat, salah satunya yakni pembangunan infrastruktur secara besar-besaran. Baik itu jalan, pelabuhan, laut, waduk, hingga yang terakhir diresmikannya pengoprasian palapa ring.

"Indonesia di bawah Pemerintahan Jokowi-JK selama lima tahun telah membangun cukup besar-besaran infrastruktur. Itu juga membawa banyak benefit bagi kita membuka konektivitas bagi kita melancarkan kegiatan ekonomi," kata dia dalam sambutannya, di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Menko Darmin menyebut kehadiran infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah ke depan akan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, selain konektivitas akan mudah mobiliasi barang ekspor dan impor pun akan memakan waktu cepat.

"Bagaimanpun juga infrastruktur itu tidak didasarkan pertimbangan jangka pendek dia dirancang dengan pertimbangan jangka panjang," jelasnya.

 

Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution saat menjadi pembicara dalam acara Bincang Ekonomi di Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (2/3). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Dia pun berharap, agar pemerintahan selanjutnya tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Utamanya adalah menghubugkan infrastruktur dengan sentra-sentra kegiatan ekonomi seperti pariwsata, kawasan industri, hingga kawasan ekonomi khusus.

"Jadi infrastruktur tetap prioritas dengan catatan kita tidak lagi fokus benar kepada backbone infrastruktur," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Menko Darmin Ungkap Penyebab Turunnya Peringkat Daya Saing Indonesia

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution saat menjadi pembicara dalam acara Bincang Ekonomi di Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (2/3). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Peringkat daya saing Indonesia turun lima peringkat pada 2019, yakni berada di posisi 50 dari yang sebelumnya berada di urutan 45 pada 2018. Indonesia hanya berhasil mengantongi skor 64,6, turun tipis 0,3 dari tahun lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, turunnya posisi peringkat daya saing Indonesia dikarenakan beberapa perbaikan yang di lakukan di Tanah Air belum berjalan maksimal. Sementara di sisi lain, negara-negara berada di atas Indonesia perbaikannya sudah lebih baik dan cepat.

"Turun 0.3 poin skornya itu tapi peringkatnya turun 5 dari itu. Sebetulnya pasti penyebabnya karena orang lain perbaikinnya lebih cepat (dari kita)," kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (10/10).

Melihat kondisi tersebut, Menko Darmin menyatakan bakal ada perubahan-perubahan besar untuk mendongkrak kembali peringkat daya saing Indonesia. Baik itu masalah perizinan, hingga pada kebijakan lainnya. Beberapa hal tersebut pun, nantinya bakal disampaikan oleh pemerintahan selanjutnya.

"Nanti itu akan diresmikannya dan di umumkannya pada awal pemerintahan baru Pak Jokowi sekarang ktia tuntaskan dulu mudah-mudahan beberapa hari ini tuntas walaupun tidak berarti pekerjaan rumahnya selesai," kata dia.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut mengatakan beberapa fokus yang dikerjakan di sisa masa akhirnya yakni masalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Nantinya dia menginginkan agar pemberian IMB bisa dilakukan melalui Online Single Submission (OSS).

"Contoh IMB misalnya itu barang paling susah dapatnya gak tau berala lama baru keluar karena keputusnnya di ambil dalam rapat, rapatnya berapa kali kita gak tau. Ke depannya mau kita ubah. Ada standarnya bangunan itu ada standarnya itu yang gak pernah kita buat selama ini," jelasnya.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani pun berpendapat sama. Dia menilai sebetulnya skor peringkat daya saing Indonesia bukannya turun, hanya saja negara-negara lain lompatannya jauh lebih cepat dari Indonesia. Sebab itu, salah satu upayanya mendongkrak kembali adalah mendorong Sumber Daya Manusia (SDM).

"Ini sebetulnya sudah di addres pemerintah masalah human capital jadi pekerjaan rumah utama dan ini akan menajdi priroitas Pak Presiden lima tahun ke depan bagaimana human capital ini sehingga tentunya produktifitas meningkat dan daya siang tinggi," kata dia.

Rosan mengatakan, persoalan ini memang tidak bisa diselesaikan pemerintah sendiri maupun dunia usaha. Oleh sebab itu, masalah ini perlu dipikirkan secara bersama-sama oleh Kementerian Lembaga (KL) terkait lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UNICEF: 1 dari 3 Anak di Dunia Mengalami Obesitas atau Kurang Gizi

Posted: 14 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Sepertiga dari hampir 700 juta anak di dunia berusia di bawah lima tahun mengalami kekurangan gizi atau kelebihan berat badan (obesitas) dan menghadapi masalah kesehatan jangka panjang. Hal itu terungkap dalam penilaian PBB tentang nutrisi anak yang dirilis Selasa, 15 Oktober 2019. 

"Jika anak-anak makan dengan buruk, mereka hidup dengan kualitas buruk," jelas direktur eksekutif UNICEF Henrietta Fore, yang mengungkap laporan pertama State of the World Children dari IMF sejak 1999.

"Kami kehilangan arah dalam memperjuangkan gizi yang sehat."

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (15/10/2019), menurut laporan tersebut, masalah yang dulunya melanda mereka yang kaya, kini dialami kebanyakan negara miskin dan menengah ke bawah.

Meskipun jumlah kasus permasalahan gizi kronis atau lebih dikenal dengan stunting, mengalami penurunan hingga 40% dari 1990 hingga 2015, lebih dari 149 juta anak usia empat tahun ke bawah masih terlalu pendek di usianya. 

 

Terserang Wasting

Menderita gizi buruk, bayi asal Yaman ini kurus kering bagaikan tengkorak hidup.

50 juta anak lainnya terserang wasting, suatu keadaan kekurangan gizi akut yang dipengaruhi kondisi sosial-ekonomi. 

Pada saat yang sama, setengah dari anak di bawah lima tahun di seluruh dunia tidak mendapatkan vitamin dan mineral esensial. Masalah tersebut merupakan masalah lama yang telah dijuluki oleh UNICEF sebagai "hidden hunger".

Namun, selama tiga dekade terakhir, bentuk lain dari malnutrisi anak telah melonjak di negara berkembang yaitu kelebihan berat badan.

"Tiga masalah ini yaitu kekurangan gizi, kurangnya gizi mikro penting dan obesitas, semakin banyak ditemukan di negara yang sama, kadang-kadang di lingkungan yang sama, dan sering di rumah yang sama," lapor Victor Aguayo, kepala program nutrisi UNICEF kepada AFP.

"Seorang ibu yang kelebihan berat badan atau obesitas dapat berpotensi memiliki anak yang mengalami stunting atau wasting. 

Di semua kelompok umur, lebih dari 800 juta orang di dunia terus-menerus menderita kelaparan dan dua miliar lainnya mengonsumsi terlalu banyak makanan yang salah yang mendorong masalah obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Masalah 'Hidden Hunger'

Ilustrasi anak Zimbabwe yang kelaparan. (niketalk.com)

Hanya dua dari lima bayi di bawah enam bulan yang diberi ASI eksklusif seperti yang direkomendasikan. Penjualan susu formula berbasis susu telah meningkat di seluruh dunia sebesar 40 persen, dan di negara-negara berpenghasilan menengah atas seperti Brasil, China dan Turki hampir tiga perempat.

Vitamin dan mineral yang hilang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu, penglihatan yang buruk dan cacat pendengaran. Sedangkan, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan penurunan IQ.

"Masalah 'hidden hunger' disebut 'disembunyikan' karena Anda tidak melihat dampaknya sampai semuanya terlambat," kata Brian Keeley, pemimpin redaksi, kepada AFP.

"Kamu tidak memperhatikan bahwa anak itu berlari sedikit lebih lambat daripada yang lain, mengalami kesulitan di sekolah."

Namun, peningkatan obesitas jelas terlihat.

"Perlu ada fokus pada obesitas sebelum terlambat," kata Keeley. "Kecuali jika kamu menanganinya dengan cara pencegahan, kamu akan berjuang untuk berubah nanti."

Makanan cepat saji yang murah dan tersedia, sering dipasarkan langsung ke anak-anak, telah membuat masalahnya jauh lebih buruk.

"Anak-anak makan terlalu banyak dari apa yang tidak mereka butuhkan - garam, gula, dan lemak," tambah Keeley.

Kemajuan dalam memerangi kekurangan gizi juga akan terhambat oleh perubahan iklim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Disebut Kirim Data Browsing Pengguna ke Tiongkok

Posted: 14 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masalah privasi menjadi hal yang sangat Apple perhatikan. Namun belakangan ini, Apple didera masalah privasi.

Pasalnya baru-baru ini dikabarkan bahwa Safari pada iOS mengirimkan data browsing pengguna ke perusahaan Tiongkok Tencent.

Bagaimana hal ini terjadi? Rupanya, browser Apple itu dilengkapi dengan kontrol keamanan untuk melawan praktik jahat seperti phishing.

Di Safari, tool kontrol keamanan ini berfungsi melindungi pengguna dan bernama Fraudulent Website Warning. Agar bisa bekerja dengan benar, tool ini mengumpulkan dan mengirimkan informasi ke Google Safe Browsing.

Tujuannya adalah untuk membandingkan tautan dengan daftar hitam yang membantu menentukan, apakah suatu halaman yang dituju aman atau tidak.

Namun, mengutip laman Softpedia, Selasa (15/10/2019), baru-baru ini ditemukan fakta bahwa selain mengirimkan data browsing ke Google, Apple juga mengirimkan informasi serupa ke perusahaan Tiongkok Tencent.

Tencent adalah salah satu perusahaan internet besar yang juga terhubung dengan penyensoran dan dipertanyakan hubungannya dengan pemerintah Tiongkok.

Belum Jelas Informasi Apa yang Dikirim ke Tencent

Ilustrasi force quit di iOS. (Foto: The Verge)

Sejauh ini belum jelas kepada siapa dan informasi apa saja yang dikirimkan ke Tencent.

Apple tidak mengungungkapkan kebijakan privasi yang membuat mereka mengirimkan data browsing ke perusahaan Tiongkok itu.

Apple menuliskan, "sebelum mengunjungi suatu situs web, Safari mungkin mengirimkan informasi yang dikalkulasikan dari alamat web ke Google Safe Browsing dan Tencent Safe Browsing untuk mengecek apakah situs web itu tidak aman."

Apple lebih lanjut juga menyebutkan, penyedia layanan browsing aman mungkin juga masuk dan bisa mengakses alamat IP pengguna.

Bisa Dinonaktifkan

Ilustrasi browser iPhone

Meski demikian, fitur Fraudulent Website Warning di Safari bisa dinonaktifkan. Caranya, pengguna perlu membuka Setting pada iPhone dan iPad yang menjalankan iOS 13.

Dipercaya bahwa versi lebih lawas dari sistem operasi bisa mengirimkan informasi serupa ke Tencent. Meski demikian, dengan memblokir fitur, berarti pengguna juga kehilangan akses ke sistem Google. Dengan demikian, pengguna bisa kehilangan persenjataan keamanan yang bisa jadi sangat berguna.

Apple sendiri belum memberikan informasi apa pun terkait dengan kolaborasinya dengan Tencent. Namun, pengguna perlu tahu bahwa fitur tersebut diaktifkan secara otomatis di semua iPhone dan iPad yang menjalankan iOS 13.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Unit Mobil Bak Esemka Memulai Debutnya di Kementerian Pertahanan

Posted: 14 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama digaungkan menjadi mobil nasional, mobil Esemka akhirnya menjalani debutnya di Kementerian Pertahanan (Kemhan). Sebanyak 10 unit mobil jenis pikap dibeli Kementerian Pertahanan untuk keperluan operasional.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Laksamana Madya TNI Agus Setiadji mengatakan, pembelian mobil Esemka akan terus dilakukan secara bertahap guna meningkatkan mobilitas.

"Beberapa kendaraan kita juga sudah berumur sehingga perlu regenerasi," kata Agus, Selasa (15/10/2019).

Selain usia kendaraan, Agus mengatakan, pembelian unit Esemka akan terus ditambah karena banyaknya satuan kerja di Kemhan. Nantinya, imbuh Agus, Esemka akan mendominasi kendaraan satuan-satuan kerja di Kemhan.

Sementara saat disinggung mengenai anggaran, Agus enggan berkomentar berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk membeli 10 unit mobil tersebut. Pun dari pihak PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, produsen Esemka, yang berkelit merinci anggaran dalam proses jual beli mobil bernama Bima 1.300 cc tersebut.

"Nanti dulu yah," kata pihak Esemka diwakili oleh Regina sebagai Direksi Pemasaran.

 

Kementerian Pertama Pembeli Esemka

Penampakan mobil bak terbuka Esemka milik Kementerian Pertahanan. (Radityo Priyasmoro/Liputan6.com)

Kemhan merupakan kementerian pertama yang membeli mobil Esemka. Sebelumnya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) terlebih dahulu sudah membeli 35 unit Esemka dengan jenis yang sama, yakni Bima 1.300 cc.

TNI AU membeli Esemka guna menunjang kinerja di lapangan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Provokator Asing, Imigrasi Tanjung Perak Perketat Pemeriksaan

Posted: 14 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, mengantisipasi masuknya provokator asing yang mengancam stabilitas keamanan nasional.

Kepala Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak Surabaya Romi Yudianto menyebut telah menggencarkan operasi pengawasan orang asing di wilayah Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban, Jawa Timur, dilansir dari Antara.

"Pasca-insiden di Asrama Mahasiswa Papua, Surabaya, pada beberapa waktu lalu, kami sengaja menggencarkan operasi pengawasan orang asing untuk mencegah masuknya provokator dari pihak asing serta pihak yang tidak bertanggungjawab, yang dapat mengganggu stabilitas keamanan Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya," kata Romi kepada wartawan di Surabaya, Senin, 14 Oktober 2019.

Dia memastikan, kegiatan operasi seperti ini ke depan akan terus rutin dilakukan agar tidak terjadi pelanggaran oleh orang asing yang mengganggu keamanan nasional.

"Kami mengantisipasi masuknya provokator asing yang dapat semakin memanaskan situasi dan stabilitas keamanan nasional," ucapnya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur Pria Wibawa menuturkan, pemerintah Indonesia menganut prinsip selective policy, yaitu kebijakan berdasarkan prinsip selektif dalam menerima kedatangan orang asing.

"Berdasarkan prinsip ini, hanya orang-orang asing yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan rakyat, bangsa dan negara Republik Indonesia yang diizinkan masuk. Artinya, mereka yang diizinkan masuk tidak membahayakan keamanan dan ketertiban, serta tidak bermusuhan baik terhadap rakyat maupun Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan UUD 1945," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miris, Begini Kondisi Rey Utami dan Pablo Benua Setelah 3 Bulan di Tahanan

Posted: 14 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karena konten Ikan Asin yang diunggah ke saluran YouTube-nya, Rey Utami dan Pablo Benua harus berurusan dengan hukum. Sudah tiga bulan lamanya mereka menjadi tahanan Polda Metro Jaya.

Kepada awak media, pengacara Rey Utami dan Pablo Benua mengungkap keadaan terbaru kliennya. Pasangan suami istri ini berada dalam kondisi yang cukup memprihatinkan.

"Kondisi di dalam, kami sangat miris sekali melihat mereka di tahanan. Apalagi melihat Rey ketika ditanya kondisi anak," kata Insank Nasrudin di Polda Metro Jaya, Senin (14/10/2019).

Ya, Rey Utami dan Pablo Benua rupanya sudah jarang bertemu buah hati mereka. Sebab, kedatangan sang anak justru membuat hati keduanya lebih hancur.

 

Hancur Lebur

Rey Utami - Pablo Benua (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Merasa lemah, perasaannya hancur lebur. Anak yang baru berusia 1 tahun saja harus berada di dalam rutan untuk ketemu orangtuanya. Ini yang menurut kami miris sekali," jelas sang pengacara.

"Makanya mereka lebih berharap nggak ketemu lagi sama anaknya di dalam rutan. Insyaallah nantilah mereka bebas ya baru bisa ketemu lagi," lanjutnya.

Kondisi kian memprihatinkan sebenarnya karena Rey Utami masih menyusui anaknya. Setelah tinggal di balik jeruji besi, tentu ia tak bisa memberi ASI pada buah hati tercintanya itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Densus 88 Sita Barang Ini dari Rumah Terduga Teroris Cirebon

Posted: 14 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Densus 88 kembali menangkap terduga teroris di Cirebon, Jawa Barat. Saat menggeledah rumah terduga teroris, polisi menemukan beberapa senjata hingga cairan kimia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Vietnam Hari Ini di Televisi

Posted: 14 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gianyar - Timnas Indonesia akan menantang Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di stadion Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019). Tim asuhan Simon McMenemy wajib menang demi memelihara peluang lolos.

"Kami melakukan banyak perbaikan agar tim bisa bangkit dari hasil buruk tersebut. Laga menjadi momentum tepat untuk memberi pembuktian kepada masyarakat Indonesia," kata Simon.

Timnas Indonesia belum meraih poin di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah kalah tiga kali beruntun. Evan Dimas dkk. digebuk Malaysia 2-3, takluk 0-3 dari Thailand, dan dibantai 0-5 oleh Uni Emirat Arab.

Rentetan hasil buruk itu membuat timnas Indonesia menjadi juru kunci tanpa satu pun poin. Total, timnas Indonesia harus melakoni delapan pertandingan sebelum menutaskan perjalanan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Vietnam sendiri saat ini berada di peringkat ke-3 dengan 1 kemenangan dan 1 hasil imbang. Posisi puncak masih ditempati Uni Emirat Arab dengan 6 poin dari dua pertandingan.

Berikut Jadwal timnas Indonesia vs Vietnam hari ini

 

Jadwal Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, mengontrol bola saat latihan di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Senin (14/10). Latihan ini persiapan jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Vietnam. (Bola.com/Aditya Wany)

Selasa 15 Oktober 2019

18.30 WIB

Indonesia vs Vietnam

Live Mola TV, TVRI

 

Klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022

 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan  Kemasukan Poin
 1  Uni Emirat Arab  2  2  0  0  7  1  6
 2  Thailand  2  1  1  0  3  0  4
 3  Vietnam  2  1  1  0  1  0  4
 4  Malaysia  3  1  0  2  4  5  3
 5  Indonesia  3  0  0  1  2  11  0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khoirul Anam, Seniman 'Photocrazy' yang Punya Angan-Angan Bertemu Sule

Posted: 14 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Nama Khoirul Anam mungkin tidak asing lagi. Dunia maya pernah riuh rendah oleh beberapa karya nyeleneh pria asal Magelang ini.

Juni lalu, pengguna media sosial, terutama Facebook, dibikin mengernyit oleh foto-foto pernikahan seorang pemuda dengan maneken. Absurd!

Usai ijab kabul, pengantin pria terlihat semringah sembari memegang buku nikah. Maneken yang menjadi pengantin wanita dengan pose yang sama tampak terduduk kaku di sampingnya.

Sebagai selingan, seorang lelaki di Jepang, Akihiko Kondo dikabarkan menikahi boneka pada 2018. Apakah pemuda di dalam unggahan tadi betul-betul menikahi benda mati, seperti halnya Kondo?

Ternyata tidak. Unggahan tersebut kiranya cuma serangkaian parodi yang ditujukan untuk menyindir para jomlo.

Parodi tersebut terdiri atas tiga episode. Dari ijab kabul, malam pertama yang gagal, hingga bulan madu yang romantis.

Tiga bulan kemudian, ide gila Khoirul Anam kembali muncul. Kali ini, sasarannya sebuah usaha barber di Magelang.

Tempat pangkas rambut pria itu tiba-tiba berubah menjadi usaha terapi melupakan mantan. Jasa Melupakan Mantan (JMM) namanya.

Cukup membayar Rp12.000, bayang-bayang sang mantan dijamin bakal enyah seumur hidup. Siapa pula yang tidak tertarik?

Tempat itu pun diserbu oleh pelanggan. Namun, lagi-lagi itu hanya keisengan Anam semata.

Terapi yang tak masuk akal itu kiranya cuma radio dengkul. Takut-takut semakin banyak yang kecewa, Anam pun menurunkan spanduk yang dipampangnya.

"Itu barbershop. Tadinya saya enggak kenal dengan pemiliknya. Saya izin dulu buat pasang spanduk," jelas Anam, dihubungi Liputan6.com, Selasa (15/10/2019).

Belum lepas dari ingatan soal terapi melupakan mantan, Anam kembali berulah. Oktober ini, dunia maya dihebohkan kembali oleh foto yang diunggahnya.

Seorang ibu sedang duduk di bawah sebuah lapak sederhana. Di sampingnya, tergeletak timbangan digital serta ayan plastik.

Si ibu sedang menunggu pelanggan, yakni pembeli dan penjual ketombe. Satu kilogram ketombe dihargai Rp65.000, demikian tertulis pada spanduk yang terpasang di lapak tersebut.

Foto selanjutnya memperlihatkan seseorang tengah menyapu ketombe dari rambutnya. Kelemur-kelemur itu tampak berserakan ke atas permukaan benda hitam di bawahnya.

Unggahan tersebut disukai sebanyak 3 ribu kali, mendapat komentar 2 ribu kali, dibagikan 7 ribu kali. Soal kebenarannya, tidak usah ditanyakan.

"Sampai kapan pun enggak akan terkumpul ketombe satu orang satu kilo," kekeh Khoirul Anam.

Ingin Bertemu Sang Idola

Kolase photocrazy Khoirul Anam (Dok. Pribadi)

Iseng dan penuh ide absurd. Nyatanya, Anam telah mendapuk diri sebagai 'seniman foto nyeleneh'.

"Modal HP. Masa kalah sama orang-orang di kota, yang pakai kamera. Saya bisa buktikan," ucapnya dengan nada meyakinkan.

Ia sering meminta teman, tetangga, bahkan orang yang baru dikenal untuk menjadi model photocrazy-nya. Ketika ide 'gila' itu muncul, Anam seperti meletup-letup.

"Seperti yang menikahi maneken, teman saya. Yang ketombe, tetangga. Itu gubuk tak terpakai yang saya modifikasi sedikit," kata jebolan pesantren Wahid Hasyim itu.

Konsep yang muncul di kepalanya tidak datang begitu saja. Ide-ide nyeleneh tersebut lahir dari apa yang disebutnya sebagai proses "pengembaraan" serta semadi.

"Jadi, saya tidur di mana-mana. Sering tidur di jalan, bawa sofa ke kebun," dia mengakui.

Ragam foto tak masuk akal hasil jepretan Anam bisa dilihat di akun media sosialnya. Penjual gorengan di atas pohon, jamuan lebaran di dalam angkot, bersantai di antara kali dan jamban, hanyalah sedikit dari karya-karyanya.

Anam pun diberi stempel 'edan' oleh orang-orang di sekitarnya. Untuk sebutan tersebut, pemuda kelahiran Kaliangkrik ini tak mau ambil peduli.

Sekali waktu Anam hampir tersandung masalah hukum. Foto penjual bensin eceran di pelataran sebuah SPBU memaksanya untuk menulis surat klarifikasi di atas meterai.

Ada asap, ada api. Apa yang selama ini dilakukan di sela-sela pekerjaannya sebagai buruh penggilingan padi kiranya punya maksud dan tujuan liyan.

Jauh di lubuk hatinya tersimpan harapan bertemu komedian Entis Sutisna alias Sule. Mencuri perhatian publik cuma satu-satunya cara agar sosok yang digandrunginya sejak 15 tahun lalu itu meliriknya kelak.

"Saya sebenarnya malu. Namun, mimpi saya belum terwujud. Saya ingin berfoto sama Om Sule. Enggak muluk-muluk. Cuma ingin foto, saya bingkai besar, taruh di ruang tamu, itu saja," harap pemuda kelahiran September 1992 itu.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MPASI yang Tak Tepat Bikin Anak Stunting?

Posted: 14 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemberian menu makanan pendamping ASI (MPASI) yang kurang tepat bisa buat si Kecil berisiko stunting.

Saat ini, tidak sedikit orangtua yang tak menyadari kalau buah hati tercinta mengalami masalah kekurangan gizi sampai anaknya didiagnosis stunting.

Stunting sendiri adalah masalah kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Efeknya berupa gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Bukan hanya berdampak fisik tapi juga kemampuan kognitif.

Kekurangan gizi ini baru akan nampak setelah anak berusia 2 tahun. Salah satu satu penyebabnya adalah pemberian menu makanan pendamping ASI (MPASI) yang kurang tepat.

Hal tersebut diungkapkan dr. Agnes dalam YouTube Channel Meet Dokter Agnes, seorang spesialis anak. Menurutnya, menu saat memberikan MPASI harus memperhatikan unsur mikronutrien dan makronutrien.

"Katanya MPASI tunggal itu adalah makanan pendamping ASI yang disarankan WHO dan diberikan pada dua minggu pertama. Padahal WHO tak pernah memberikan statement seperti itu," kata dr Agnes.

 

MPASI Tunggal

Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Makanan pendamping ASI tunggal ini contohnya hanya memberikan satu makanan tertentu saja selama dua minggu. Misalnya hanya pisang, avokad atau apel. Padahal ini tidak tepat.

"Menu MPASI, kandungan zat gizinya harus sama dengan ASI, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral," kata dr. Agnes.

Lemak seringkali terabaikan saat pemberian MPASI. Padahal lemak sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi.

 

Sumber Protein Hewani

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Untuk sumber lemak dan protein, menurut dr. Agnes bisa didapatkan dari avokad atau kacang-kacangan, tapi disarankan dari sumber hewani. Seperti ikan, daging atau ayam. Ia juga menyarankan untuk memadukan menu MPASI rumahan dengan menu makanan bayi kemasan.

Pasalnya, makanan bayi kemasan sudah terfortifikasi, yaitu mendapat zat besi tambahan yang bisa memenuhi kebutuhan bayi per hari. Jadi kebutuhan zat gizi bayi terpenuhi secara optimal.

Bukan hanya vitamin dari sayuran dan buah saja, karena dianggap sehat. Tapi juga asupan protein dan zat besi yang sangat penting bagi pertumbuhan otaknya.

Penulis : Muthia Nugraheni / Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Forum Dagang RI dan Amerika Latin - Karibia Akan Kantongi Kesepakatan Rp 282 Miliar

Posted: 14 Oct 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia siap meningkatkan hubungan ekonomi dengan kawasan Amerika Latin dan Karibia yang memiliki potensi sangat besar. Meski demikian, ada sejumlah kendala untuk mencapai target harapan tersebut.

Demi menghadapi tantangan tersebut, Kementerian Luar Negeri RI membuka Forum Bisnis Indonesia – Amerika Latin dan Karibia (Indonesia-Latin American and the Caribbean/INA-LAC) 2019 di Hotel JHL Solitaire, Tangerang, 15 Oktober 2019.

Forum perdana itu diharapkan berbuah manis, menurut Kemlu RI, di mana akan menghasilkan kesepakatan dagang senilai US$ 20 juta (sekitar Rp 282,2 miliar) hingga memitigasi sejumlah kendala perdagangan yang menghambat.

"Inisiatif mengadakan forum INA-LAC adalah untuk mencoba memitigasi berbagai tantangan, seperti jarak geografis, konektivitas, serta hambatan tarif dan non-tarif, serta meningkatkan kesadaran masyarakat. Hanya melalui upaya bersama kita dapat menciptakan hubungan ekonomi yang kuat," demikian ditegaskan oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir, saat membuka agenda, dikutip dari siaran pers Kemlu RI yang dimuat Liputan6.com, Selasa (15/10/2019).

Forum Bisnis Indonesia – Amerika Latin dan Karibia digelar dengan tujuan untuk mendorong peningkatan nilai perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia (Amlatkar).

Lebih dari 200 peserta dari kalangan bisnis Indonesia dan Amlatkar serta sejumlah pengambil keputusan dari negara-negara di kawasan menghadiri Forum Bisnis INA-LAC 2019 yang terdiri atas diskusi panel, business matching dan kunjungan lapangan ke PT. Indah Kiat Pulp and Paper di Tangerang.

Proyeksi Kesepakatan Dagang Rp 282 Miliar 

Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI. (Liputan6.com / Gempur M Surya)

Kawasan Amerika Latin dan Karibia memiliki potensi ekonomi yang besar dengan populasi sekitar 630 juta jiwa dan GDP total sebesar US$ 5,78 triliun pada tahun 2018.

Sekalipun terdapat berbagai potensi, total perdagangan Indonesia dengan kawasan tersebut baru mencapai US$ 7,59 miliar, atau 0,35% dari total perdagangan kawasan Amerika Latin dan Karibia dengan dunia. Peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan negara Amlatkar sangat penting untuk terus diupayakan di tengah-tengah situasi ekonomi global yang sangat dinamis.

"Dengan demikian, kegiatan INA-LAC diharapkan dapat memberikan kesempatan emas bagi para peserta untuk membangun kerja sama ekonomi yang konkret dan memperluas jejaring bisnis melalui kegiatan business matching." jelas Wamenlu RI AM Fachir. 

Forum bisnis ini juga diharapkan akan menghasilkan kesepakatan dagang senilai lebih dari US$ 20 juta (sekitar Rp 282,2 miliar) serta rencana investasi perusahaan Amlatkar di sektor pertambangan.

Di samping itu, kegiatan forum bisnis juga akan menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama yang mendukung pengembangan infrastruktur perdagangan kedua wilayah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tempat Wisata di Gili Trawangan dan Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Posted: 14 Oct 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Gili Trawangan menjadi destinasi favorit di Lombok. Gili Trawangan merupakan satu dari tiga pulau kecil (gili) yang berada di sebelah barat laut Lombok. Pulau ini menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati suasana pulau yang asri dan tenang.

Ada beberapa tempat wisata di Gili Trawangan yang bisa dikunjungi. Di tempat wisata di Gili Trawangan pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menyelam, kulineran, menikmati cahaya matahari, atraksi kesenian, hingga bersepeda menyusuri pulau.

Tempat wisata di Gili Trawangan ini memiliki daya tarik tersendiri. Fasilitas di tempat wisata di Gili Trawangan ini juga sudah cukup memanjakan wisatawan. Gili Trawangan juga merupakan pulau terbesar dari gili-gili di sekitarnya. Salah satu tempat wisata di Gili Trawangan misalnya pantai dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih.

Berikut pilihan tempat wisata di Gili Trawangan dan aktivitas yang bisa dilakukan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2019).

Pantai yang menawan

Pantai yang menawan (foto: shutterstock)

Gili Trawangan memiliki luas sekitar 340 hektar, panjang 3 km dan lebar 2 km. Gili Trawangan memiliki pantai pasir putih yang membentang dari timur ke barat. Dari sepanjang pantai di Gili Trawangan Anda bisa menyaksikan sekalugus sunrise dan sunset di satu pantai. Panorama sunrise dan sunset di pulau ini sudah terkenal keindahannya.

Pantai di Gili Trawangan juga terkenal dengan airnya yang sangat jernih dengan gradasi biru kehijauan. Tak cuma itu, pesona bawah laut pantai ini juga tak mengecewakan. Menariknya, di pulau ini Anda tak akan menemukan kendaraan bermotor. Penduduk sekitar biasa berpergian dengan sepeda, cidomo (sejenis delman khas Lombok), berkuda, atau berjalan kaki. Jadi, pulau ini sangat jauh dari polusi udara.

Keindahan bawah laut memesona

Keindahan bawah laut memesona

Gili Trawangan terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di sini Anda dapat menemukan aneka jenis ikan, koral, dan terumbu karang yang sangat indah. Berbagai celah dan karang dapat dieksplorasi di pulau ini. Tak mengherankan lagi Gili Trawangan menjadi sasaran para penyelam.

Terdapat banyak titik selam di kawasan ini. Salah satu titik selam terkenal adalah Shark Point yang berupa situs terbuka dengan serangkaian terumbu karang dengan lereng menurun. Di pulau ini pengunjung juga bisa menemui hiu whitetip, hiu blacktip, dan mungkin juga hiu abu-abu. Ikan pari penyu, dan bumphead parrotfish juga kerap terlihat di perairan ini.

Suasana gemerlap malam

Suasana gemerlap malam  (sumber: Pixabay)

Gili Trawangan juga kerap disebut dengan pulau pesta. Pulau ini memiliki suasana malam yang khas dengan perhelatan pesta dan hiburan. Hampir tiap hari kedai-kedai di sepanjang pulau mengadakan pesta meriah.

Biasanya, pesta juga dilengkapi dengan berbagai aksi pertunjukan seperti penari api atau hiburan tradisional. Selain berpesta, wisatawan juga bisa menikmati ragam sajian kuliner. Kuliner yang ditawarkan pun bermacam-macam mulai dari kudapan lokal hingga internasional dengan harga bervariasai. Toko cinderamata di kawasan ini juga mudah ditemui, salah satu jenis cinderamata yang banyak menarik perhatian adalah kain songket khas Lombok.

Konservasi penyu

Penangkaran Tukik Gili Trawangan (Foto: Brilio.net)

Tak jauh dari pelabuhan Gili Trawangan, wisatawan dapat menemukan area konservasi penyu. Warga di Gili Trawangan memang memiliki tradisi pelestarian penyu. Pantai di Gili Trawangan merupakan salah satu habitan asli penyu.

Konservasi penyu ini kerap menjadi pusat perhatian wisatawan mancanegara. Di tempat ini telur penyu dieramkan sampai menetas menjadi tukik di kandang. Setelah menetas, tukik-tukik dipindahkan ke dalam kolam perawatan. Tukik-tukik kemudian dipelihara selama 6-8 bulan hingga siap dilepas ke laut terbuka.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Trawangan

Salah satu tempat bersantai langsung menghadap pantai di depan hotel di Gili Trawangan. (Liputan6.com/Musthofa Aldo)

Menyelam

Memiliki keindahan bawah laut yang kaya membuat Gili Trawangan jadi sasaran para penyelam. Terdapat banyak titik selam di pulau ini seperti Simons Reef, Deep Turbo, Trawangan Slope, Coral Fan Garden, Shark Point, Bounty Reef, Halik Reed, Jack Point dan lainnya.

Gili Trawangan menawarkan beberapa tipe diving, seperti shark diving see, UV night dive, freediving, hingga marine walk. Tersedia pula pilihan kayak transparan yang bisa disewa dengan kisaran harga mulai Rp300.000.

Water sport

Tak cuma menyelam, di kawasan pantai Anda juga bisa menikmati pengalaman water sport. Terdapat wahana air seperti banana boat dan jet sky. Water sport ini cocok bagi liburan keluarga.

Bersepeda

Karena pulau ini bebas dari kendaraan bermotor, bersepeda adalah pilihan tepat menyusuri Gili Trawangan. Anda bisa bersepeda di pagi atau sore hari menikmati keasrian pulau dengan udara segar bebas polusi.

Berkeliling dengan cidomo

Saat ke pulau ini rasanya tak lengkap jika tidak merasakan naik Cidomo. Cidomo merupakan transportasi tradisional khas Lombok dan Kepulauan Gili. Cidomo merupakan singkatan dari cikar, dokar, dan mobil. Cidomo mirip dengan delman di pulau Jawa. Yang menarik, cidomo menggunakan roda mobil bekas alih-alih roda kayu seperti delman.

Menikmati sunset dan sunrise

Gili Trawangan memiliki pantai yang membentang dari timur ke barat. Anda bisa menyaksikan panorama sunset dan sunrise di tempat yang sama. Pemandangan sunset dan sunrise di pulau ini selalu memukau dan memberi ketenangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Dibuka Melemah, tetapi Peluang Penguatan Terbuka Lebar

Posted: 14 Oct 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (15/10/2019), rupiah dibuka di angka 14.137 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan kemarin yang ada di di angka 14.139 per dolar AS. Namun menjelang siang, rupiah melemah ke 14.145 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.137 per dolar AS hingga 14.147 per dolar AS. Jika dihiting dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,70 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.140 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.126 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada hari ini berpeluang kembali menguat setelah di awal pekan melemah tipis.

"Pagi ini mata uang kuat Asia yen, dolar Hong Kong, dan dolar Singapura, kompak dibuka menguat terhadap US dolar yang bisa menjadi sentimen penguatan rupiah hari ini," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

Dari eksternal, neraca perdagangan China masih surplus walaupun ekspor turun. Neraca perdagangan China pada September tercatat surplus sebesar 396,5 miliar dolar AS, naik dibandingkan Agustus yang sebesar USD 348,26 miliar.

Nilai ekspor tercatat sebesar USD 2.181,25 miliar dan impor tercatat sebesar USD 1.784,74 miliar. Ekspor tercatat turun 3,2 persen (yoy) pada September tersebut, dibandingkan Agustus yang turun 1 persen (yoy), dan diatas ekspektasi konsensus yang perkirakan turun 3 persen (yoy).

Penurunan tersebut terutama terjadi untuk ekspor ke Amerika Serikat (AS) yang turun hingga 17,,8 persen (yoy), sementara ekspor justru tumbuh naik ke Jepang, Uni Eropa, Korea Selatan Taiwan, dan ke negara-negara ASEAN.

"Kesepakatan fase pertama dengan AS yang akan ditandatangani lima minggu mendatang menjadi harapan membaiknya ekspor China terutama ke AS," ujar Lana.

Turunnya ekspor tersebut berdampak pada potensi pertumbuhan ekonomi China menjadi 6,2 persen dari proyeksi awal 6,4 persen pada 2019.

Lana memperkirakan nilai tukar rupiah hari ini akan bergerak menguat di kisaran Rp14.120 per dolar AS hingga Rp14.130 per dolar AS.

Pemerintah Prediksi Rupiah Melemah ke 14.400 per Dolar AS di 2020

Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah pada tahun depan. Hal tersebut terjadi karena adanya gejolak ekonomi dunia.

Dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa target ekonomi masih akan tinggi, tetapi untuk nilai tukar rupiah akan melemah.

Ia menyebut target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah 5,3 persen. Sumber pertumbuhan ekonomi tahun depan ditekankan pada sektor konsumsi. 

"Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ujar dia.

Jokowi menyebut nilai tukar rupiah akan melemah menuju 14.400 per dolar AS. Ia menyebut hal itu diakibatkan kondisi ekonomi global yang volatile alias penuh ketidakpastian.

Meski sedang ada disrupsi dagang, Jokowi yakin Indonesia akan tetap menjadi primadona investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki telah mendapatkan citra positif dan iklim investasi akan terus dijaga.

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi," ujar Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes: Keadaan Wiranto Membaik Tapi Perlu Istirahat

Posted: 14 Oct 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menjenguk Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto yang tengah terbaring di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Wiranto menjadi korban penusukan oleh terduga teroris jaringan JAD Bekasi.

Nila mengatakan, Wiranto sudah dalam kondisi baik. Ia melihat bahwa kondisi Menko Polhukam itu sudah dalam keadaan normal karena sudah cukup lama pascamenjalani operasi.

"Tapi perlu istirahat sehingga ada tahap demi tahap yang harus dilakukan oleh Pak Wiranto, nggak boleh langsung bergerak, tadi sudah jalan. Jadi cukup baik," papar Nila usai menjenguk Wiranto di di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Nila menceritakan, di dalam ruang perawatan Wiranto, ia beberapa kali berbincang mengenai kebersamaannya saat di Wamena, Papua.

"Bapak (Wiranto) cerita pas di Wamena kami sama-sama kami aman," kata Nila.

"Tau-tau di Pandeglang kena tusuk, saya tau bapak kena itu pas saya lagi transit di Makassar. Saya melihat karena diputuskan operasi makanya ada sesuatu yang berat," imbuh Menkes.

Pengawalan Menteri Diperketat

Menkes Nila Moeloek menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/8/2019). Kedatangan Nila atas undangan pimpinan KPK. Selain Nila, KPK juga mengundang jajaran Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Usai kejadian penusukan Menko Polhukam tersebut, Menkes menceritakan bahwa pengawalan kepada dirinya ikut diperketat. Menurutnya itu bagian dari protokol tetap (Protap).

Saat pertama kali, dirinya sempat kaget karena mendapatkan pengawalan dari beberapa polisi saat di Padang. Padahal, kata Menkes, ia saat itu hanya hendak melakukan tugas akademik, yakin menguji ujian S3 di Universitas Andalas.

"Akhirnya saya WA Pak Kapolri, Pak Kapolri saya agak terkejut kok kayaknya pasukan Bapak banyak banget ya. Beliau menjawab inilah Protap yang diperketat dalam hal ini," ungkap Nila.

Ia pun memahami hal itu. Namun ia pribadi merasa kerepotan karena diikuti oleh ratusan polisi yang mengamankan dirinya.

"Tapi ya itulah kalau diikuti dengan ratusan polisi repot juga saya ya ke mana-mana," tutur Menkes.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Indonesia Defisit USD 160 Juta di September

Posted: 14 Oct 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada September 2019 sebesar USD 160 juta. Defisit tersebut disebabkan oleh defisit sektor migas sebesar USD 761 juta dan surplus non migas sebesar USD 601 juta.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, defisit neraca perdagangan Indonesia sejak awal tahun hingga September 2019 telah mencapai USD 1,9 miliar. Angka ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di kuartal III tahun ini.

"Neraca dagang mengalami defisit sebesar USD 0,16 miliar atau USD 160 juta. Posisi tahun lalu periode yang sama surplus, tahun ini defisit. Angka pertumbuhan ekonomi pada kuartal III akan dipengaruhi oleh defisit ini," ujarnya di Kantor BPS, Jakarta, Selasa (15/10).

Suhariyanto mengatakan, neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus terbesar terhadap Amerika Serikat, kemudian India lalu disusul oleh Belanda. Sementara itu, neraca perdagangan mengalami defisit terhadap Australia, Thailand dan Tiongkok.

"Untuk Amerika Serikat kita surplus USD 6,8 miliar, India turun tipis menjadi USD 5 miliar dan juga Belanda. Tetapi kita juga masih defisit terbesar kepada Tiongkok, lalu terhadap Thailand dan juga Australia," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Menko Darmin Sebut Neraca Perdagangan jadi Kelemahan Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/11). Pemerintah meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi XVI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution membuka Seminar Nasional Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Maju dalam rangka peringatan ulang tahun Kementerian Koordinator bidang Perekonomian yang Ke-53. Dalam kesempatan tersebut, dia memaparkan kondisi ekonomi Indonesia terkini.

Menko Darmin mengatakan, dalam empat tahun pemerintahan Jokowi-JK semua indikator perekonomian menunjukkan perbaikan termasuk pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, kemiskinan dan gini ratio. Namun, masih ada satu pekerjaan yang belum menunjukkan performa positif seperti neraca pedagangan.

"Dalam pembangunan ekonomi itu bisa dikatakan pertumbuhan ekonomi kita bisa disebut pertumbuhan sehat tapi ekonomi sosialnya membaik. Tentu tidak berarti kita mengatakan semua beres. Kita semua tahu dibidang perdagangan internasional, indikator neraca perdagangan saya kira titik lemah kita yang utama," ujar Menko Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (9/8).

Dia melanjutkan, memasuki tahun kelima pemerintahan Jokowi-JK, pertumbuhan ekonomi secara perlahan terus naik diangka 5 persen walau masih menghadapi banyak tantangan. Sementara itu, inflasi terjaga pada angka 3 persen.

"Pemerintahan Pak Jokowi memasuki tahun kelima. Kalau kita lihat kinerjanya kita mampu mewujudkan pertumbuhan mungkin bukan yang paling tinggi tapi cukup baik diantara berbagai negara dalam lingkungan global yang sedang bergejolak. Bukan hanya pertumbuhan ekonomi yang lebih baik tapi juga ada satu hal yang bisa kita wujudkan dengan baik yaitu inflasi," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, di atas semua pencapaian tersebut Indonesia kini tengah memasuki periode bonus demografi. Hal tersebut harus dimanfaatkan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

"Diatas semua itu, Indonesia sedang memasuki suatu masa yang dikatakan analis sebagai periode terjadi bonus demografi. Dengan pertumbuhan 5 persen, apakah kita sudah mampu menyelesaikan atau memanfaatkan bonus demografi tersebut? Pertumbuhan angkatan kerja kita berada diatas 3 persenan. Dan itu dibutuhkan pertumbuhan lebih tinggi," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Surplus Neraca Perdagangan Harus Dijaga

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (14/8/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan neraca dagang Indonesia sepanjang Januari hingga Juli 2019 mengalami defisit sebesar USD 1,9 miliar atau setara Rp 27 triliun. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan pada Mei 2019 mengalami surplus sebesar USD 0,21 miliar. Realisasi ini membaik dari posisi neraca perdagangan April 2019 yang defisit sebesar USD 2,5 miliar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, surplus tersebut masih ditopang oleh surplus di sektor nonmigas. Surplus nonmigas kemudian menutupi defisit neraca perdagangan migas.

Diketahui berdasarkan data BPS, pada komoditas nonmigas tercatat surplus sebesar USD 1,18 miliar. Sedangkan, migas mengalami defisit sebesar USD 977,8 juta.

"Ekspor memang naik relatif tinggi sehingga nonmigas surplusnya ya cukup menutup defisit di migasnya," ungkapnya saat ditemui, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Dia mengakui bahwa surplus neraca perdagangan merupakan perkembangan yang cukup positif. Meskipun demikian, mantan Gubernur BI ini menganggap nilai surplus neraca perdagangan yang terjadi pada bulan Mei 2019 masih harus dijaga kinerja agar dapat terus berlanjut ke waktu yang akan datang.

"Masih sulitlah untuk mengatakan akan terus apa tidak, tetapi ini perkembangan yang baik," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faisal Basri: Driver Ojek Online Harus Bayar Pajak

Posted: 14 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom senior Faisal Basri menyoroti tren penerimaan negara dari pajak yang cenderung menurun dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu hal yang menjadi sorotannya yakni banyaknya pekerja lepas seperti supir ojek online (ojol) yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Dia mengatakan, suksesnya pertumbuhan pajak itu ibarat menanam buah. Menurutnya, menumbuhkan ekonomi itu sama dengan kiat memetik buah yang ranum seandainya itu berasal dari bibit yang bagus dan dapat disiram secara teratur.

"Teman-teman harus sadari bahwa penerimaan pajak terbesar industri. Nah, kalau industrinya trennya turun terus ya pertumbuahn pajak juga turun," ujar dia saat ditemui di Tjikini Lima Restaurant & Cafe, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Faisal mengapresiasi upaya perusahaan seperti Gojek dan Grab yang bisa memangkas angka pengangguran dengan menarik mitra kerja. Namun, ia menganggap hal tersebut belum efektif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkualitas lantaran belum berperan besar dalam menyumbang pajak.

"Artinya orang yang bekerja bisa bayar pajak. Tapi kalau bekerjanya di Gojek Grab kan enggak ada NPWP-nya. Jadi ekonomi tumbuh berkualitas juga sangat penting," imbuh dia.

 

Harus Dipotong Pajak

Kisah inspiratif. (Foto: Dok. Grab)

Menurutnya, sebuah badan usaha formal bakal melakukan pemotongan pajak pendapatan kepada para pegawainya. Sementara driver ojol berstatus sebagai mitra kerja yang tidak mendapat slip gaji dari perusahaan yang mempekerjakannya.

"Kalau pabrik pertumbuhan niscaya pabrik itu punya nomor usaha formal dia bayar pajak perusahaan, dia bayar PPN, dan (pajak) pegawai-pegawai dari pabrik tinggal dipotong dari gaji. Tapi kalau Gojek enggak ada gajinya, enggak ada slip gajinya," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Korea Selatan Siap Kalahkan Korut di Pyongyang

Posted: 14 Oct 2019 09:45 PM PDT

Para pemain Korea Selatan bersiap mengikuti latihan tim Stadion Kim Il Sung di Pyongyang (14/10/2019). Dalam pertandingan ini pemain depan Tottenham Son Heung-min akan bermain di laga tersebut. (Korea Football Association/AFP)

Para pemain Korea Selatan bersiap mengikuti latihan tim Stadion Kim Il Sung di Pyongyang (14/10/2019). Dalam pertandingan ini pemain depan Tottenham Son Heung-min akan bermain di laga tersebut. (Korea Football Association/AFP)

Para pemain Korea Selatan bersiap mengikuti latihan tim Stadion Kim Il Sung di Pyongyang (14/10/2019). Korea Selatan akan bertanding melawan Korea Utara pada grup H kualifikasi Piala Dunia 2022. (Korea Football Association/AFP)

Para pemain Korea Selatan bersiap mengikuti latihan tim Stadion Kim Il Sung di Pyongyang (14/10/2019). Korea Selatan akan bertanding melawan Korea Utara pada grup H kualifikasi Piala Dunia 2022. (Korea Football Association/AFP)

Para pemain Korea Selatan bersiap mengikuti latihan tim Stadion Kim Il Sung di Pyongyang (14/10/2019). Dalam pertandingan ini pemain depan Tottenham Son Heung-min akan bermain di laga tersebut. (Korea Football Association/AFP)

Para pemain Korea Selatan bersiap mengikuti latihan tim Stadion Kim Il Sung di Pyongyang (14/10/2019). Dalam pertandingan ini pemain depan Tottenham Son Heung-min akan bermain di laga tersebut. (Korea Football Association/AFP)

Pemain Korea Selatan Lee Yong (dan pelatih Paulo Bento memberi keterangan pers jelang pertandingan melawan Korea Utara di Stadion Kim Il Sung di Pyongyang (14/10/2019). (Korea Football Association/AFP)

Pemain Korea Selatan Lee Yong (dan pelatih Paulo Bento memberi keterangan pers jelang pertandingan melawan Korea Utara di Stadion Kim Il Sung di Pyongyang (14/10/2019). (Korea Football Association/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fellaini Tak Menyesal Pernah Bergabung ke MU

Posted: 14 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Marouane Fellaini mengaku tak menyesal pernah bergabung dengan Manchester United (MU). Meskipun, ia tak begitu sukses di klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Fellaini bergabung dengan MU pada musim 2013/14 dari Everton. Selama enam musim, pemain asal Belgia itu tampil 177 kali dan menyumbang 22 gol.

Soal trofi, Fellaini mempersembahkan empat trofi yakni Piala FA, Piala Liga, Community Shield, dan Liga Europa. Ia mengakhiri masa baktinya di MU pada akhir musim 2018/19 dan hengkang ke Tiongkok.

"Oke, saya tidak menjuarai Liga Inggris, tetapi itu bagian dari sepak bola. Manchester City sungguh kuat kala itu dan sulit mengalahkan mereka," kata Fellaini seperti dilansir Sportskeeda.

"Tetapi saya juga menjalani beberapa pertandingan hebat dan mencetak gol penting. Jadi bagi saya, waktu saya di MU itu menyenangkan," ujarnya menambahkan.

Fellaini sendiri saat ini berkarier di Shandong Luneng di Liga Super Tiongkok. Dari 28 kali main, ia telah mencetak 11 gol.

 

 

 

Betah di Tiongkok

Mantan pemain Manchester United, Marouane Fellaini (tengah), yang kini gabung klub Liga Super China, Shandong Luneng. (AFP/STR)

Meski tergolong bukan liga papan atas di dunia, Fellaini ternyata menikmati kariernya di Negeri Tirai Bambu. Menurut pemain berusia 31 tahun itu, menganggap kariernya kini sebagai tantangan.

"Atmosfer, intensitas, antusiasme penonton berbeda. Tetapi ini tantangan baru. Memang sudah waktunya bagi saya meninggalkan Eropa," kata Fellaini.

"Saya ingin tantangna baru dan saya senang. Itulah kenapa, saya tak menyesal," ujarnya menambahkan.

Karier Fellaini Selama di MU

2013/14: 21 main, 0 gol

2014/15: 31 main, 7 gol

2015/16: 34 main, 4 gol

2016/17: 47 main, 4 gol

2017/18: 23 main, 5 gol

2018/19: 21 main, 2 gol

Trofi:

Piala FA: 1

Piala Liga: 1

Community Shield: 1

Liga Europa: 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diduga Unggah Komentar Negatif, Polisi Periksa Istri Anggota POM TNI AU Surabaya

Posted: 14 Oct 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Istri Peltu YNS, anggota Polisi Militer TNI Angkatan Udara Lanud Muljono Surabaya, diperiksa di Mapolresta Sidoarjo karena unggahan konten negatif di media sosial terkait insiden penusukan Menko Polhukam Wiranto.

Sementara Kabid Humas Polda Jatim, Kombes. Pol. Frans Barung Mangera, membenarkan peristiwa tersebut dan masih menjalani pemeriksaan polisi. Berikut video liputannya pada Fokus, 13 Oktober 2019.

FS tiba di Mapolresta Sidoarjo, didampingi anggota POM TNI AU Lanud Muljono Surabaya, Jumat malam, 11 Oktober 2019. FS harus menjalani pemeriksaan polisi terkait unggahannya di media sosial, yang mengandung konten negatif terkait peristiwa penusukan Menko Polhukam Wiranto. Serta mengunggah kata-kata tidak pantas lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes. Pol. Frans Barung Mangera, membenarkan anggota Satpom AU Lanud Muljono, Surabaya, menyerahkan FS, ke Polres Sidoarjo. Namun, saat ini status dari FS masih terlapor, dan masih dilakukan penyidikan oleh aparat Polres Sidoarjo.

FS diduga telah melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016, tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal Penyebaran Kebencian dan Berita Bohong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank bjb Raih Penghargaan The 11th CG Conference & Award 2019

Posted: 14 Oct 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank bjb kembali menorehkan catatan emas menjelang penutupan tahun 2019. Kerja keras seluruh insan perseroan dalam menjaga kualitas dan ritme pertumbuhan usaha perbankan, membuahkan hasil positif untuk kesekian kalinya. Kali ini, bank bjb dinobatkan menjadi salah satu dari puluhan perusahaan terbaik dalam daftar TOP 50 Big Cap Public Listed Companies dalam ajang The 11th CG Conference & Award 2019 di Grand on Thamrin Ballroom Pullman Hotel, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019). Penghargaan diterima oleh Direktur Operasional bank bjb, Tedi Setiawan.

Daftar 50 perusahaan go public terbaik ini disusun oleh Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD). Seperti pada tahun sebelumnya IICD melakukan penilaian terhadap 200 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). IICD membagi emiten-emiten tersebut ke dalam dua kelompok, yaitu 100 emiten dengan market kapitalisasi besar (Big Cap) dan 100 emiten dengan market kapitalisasi menengah (Mid Cap).

Penilaian yang digunakan adalah menggunakan instrumen Corporate Governance (CG) Scorecard dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang meliputi: hak-hak pemegang saham, perlakuan yang setara terhadap pemegang saham, peran pemangku kepentingan, pengungkapan dan transparansi serta tanggung jawab dewan. Dalam penilaian, IICD juga mempertimbangkan kasus korupsi yang melibatkan emiten.

bank bjb sendiri masuk ke dalam jajaran elit  50 besar perusahaan dengan kategori "Big Cap Public Listed Companies", tepatnya dalam urutan 20 besar. Pencapaian ini mengulangi perolehan tahun lalu di mana bank bjb juga berhasil memboyong penghargaan dalam kategori Best State Owned Enterprise yang mengapresiasi bank bjb sebagai emiten dengan praktik CG terbaik.

Ditempat terpisah, Yuddy Renaldi mengatakan bahwa "Penghargaan ini membuktikan bahwa berbagai langkah usaha yang dijalankan bank bjb selalu berada di dalam koridor yang tepat sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik alias Good Corporate Governance (GCG). Perseroan senantiasa menjadikan GCG sebagai pijakan dalam setiap pengambilan keputusan sekaligus kompas yang mengarahkan langkah usaha bank bjb bergerak sesuai dengan kehendak pemilik saham dengan cara yang bertanggung jawab," Ujar Yuddy.

Selain memberikan apresiasi, ajang ini juga dihelat dengan tujuan untuk mempromosikan reformasi tata kelola perusahaan dalam rangka meningkatkan iklim bisnis dan investasi di Indonesia, sebagai sarana menginformasikan dan memberikan update kepada para investor tentang kemajuan reformasi GCG, mensosialisasikan inisiasi ASEAN CG Scorecard sebagai alat untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan nilai yang dimiliki pemegang saham dan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan perusahaan-perusahaan publik Indonesia dalam menginternalisasi prinsip-prinsip GCG.

bank bjb sendiri selalu menerapkan prinsip GCG dalam setiap langkah usahanya. Penerapan sistem tata kelola ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk menghindari potensi fraud yang merugikan berbagai pihak dari beragam aspek. GCG bank bjb telah terbukti bekerja dengan baik dan beberapa kali membuat perbankan diganjar penghargaan, tak terkecuali dari lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain masuk dalam TOP 50 Big Cap Public Listed Companies, penerapan GCG ini juga berhasil menghantarkan bank bjb meraih penghargaan TOP GRC (Governance, Risk & Compliance) 2019 beberapa waktu lalu.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Kebersamaan Nina Zatulini dan Kedua Buah Hatinya

Posted: 14 Oct 2019 09:40 PM PDT

Tak berselang lama dari pernikahannya, pemeran sinetron Arti Sahabat ini dikaruniai putra laki-laki bernama Kenzie Naratama Chandra pada November 2016 lalu.  Kini, putra sulung yang akrab disapa Kenzie ini telah berumur 3 tahun. (Liputan6.com/IG/@ninazatulini22)

Tak berselang lama dari pernikahannya, pemeran sinetron Arti Sahabat ini dikaruniai putra laki-laki bernama Kenzie Naratama Chandra pada November 2016 lalu. Kini, putra sulung yang akrab disapa Kenzie ini telah berumur 3 tahun. (Liputan6.com/IG/@ninazatulini22)

Wanita berhijab ini melahirkan putri bungsu mereka, Khanza Inara Chandra pada 27 Januari 2019 lalu. Kehadiran anak keduanya menjadi kado berharga di pernikahan mereka yang memasuki usia tiga tahun. (Liputan6.com/IG/@ninazatulini22)

Wanita berhijab ini melahirkan putri bungsu mereka, Khanza Inara Chandra pada 27 Januari 2019 lalu. Kehadiran anak keduanya menjadi kado berharga di pernikahan mereka yang memasuki usia tiga tahun. (Liputan6.com/IG/@ninazatulini22)

Pemeran film

Pemeran film

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Will Smith, Bintang Film Gemini Man yang Gagal Melawan Joker

Posted: 14 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Film Gemini Man awal pekan ini kembali diperbincangkan publik. Sayangnya bukan untuk pencapaian yang membanggakan.

Gemini Man melempem di tangga box office. Film terbaru Will Smith ini hanya mampu menduduki posisi ketiga dengan pendapatan 20,5 juta dolar AS (sekitar 287 miliar rupiah).

Will Smith dan kawan-kawan kalah oleh film The Addams Family yang meraup pendapatan kotor 30,2 juta dolar AS. Joker masih perkasa di puncak box office (192 juta dolar AS).

Berencana menonton aksi Will Smith di Gemini Man? Simak dulu 5 fakta menariknya berikut ini yang kami rangkum dari berbagai sumber.

 

 

Penyesalan Terbesar

Aktor asal Amerika Serikat, Will Smith (AFP/Justin Tallis)

Dalam sebuah wawancara, Will Smith mengaku ada dua penyesalan terbesar dalam kariernya. Pertama, menolak peran Neo di film The Matrix.

Neo kemudian dihidupkan Keanu Reeves dan meraup laba bersih 400 juta dolar AS (sekitar 5,6 triliun rupiah). Plus membawa pulang 4 Piala Oscar.

Will Smith juga menyebut peran yang paling disesali seumur hidup yakni James West di Wild Wild West. Film itu mengantar Will Smith meraih Piala Razzie Award kategori Aktor Terburuk. Wild Wild West dinobatkan sebagai Film Terburuk. Wild Wild West "menang" 9 Piala Razzie Award. 

 

 

Bintang Tamu Pertama

Will Smith (Foto: AFP / FRANCK FIFE)

Will Smith menjadi bintang tamu pertama di program gelar wicara populer, The Tonight Show Starring Jimmy Fallon. Banyak pihak terkejut dengan penampilan Will Smith di sini. Banyak spekulasi terbit salah satunya karena Will Smith dikenal sebagai aktor serbabisa.

Selain diganjar 2 nominasi Oscar lewat film The Pursuit of Happyness dan Ali, Will Smith jago berbahasa Spanyol dan pintar main catur.

Penggemar berat gulat profesional ini juga menang Grammy Award kategori Penampilan Rap Tebaik lewat hit "Parents Just Don't Understand" bersama DJ Jazzy Jeff.

 

 

Nyaris Tampil di Mr. And Mrs. Smith

Aktor AS Will Smith menyapa penggemar saat menonton pertandingan putaran ketiga antara petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga melawan petenis Australia Nick Kyrgios di Australia Terbuka di Melbourne, Australia (19/1). (AFP Photo / William West)

Ingat film Mr. and Mrs. Smith (2005)? Ya, film yang konon membuat Brad Pitt jatuh cinta pada Angeline Jolie ini sukses di pasar. Sebelum jatuh ke tangan Brad Pitt, Will Smith dipertimbangkan untuk mengisi peran Mr. Smith.

Wajar Will Smith menjadi salah satu kandidat mengingat, ia salah satu aktor paling menguntungkan di Hollywood. Desember 2007, Majalah Forbes menginvestigasi kesaktian Will Smith mencetak box office. Rupanya, untuk setiap dolar yang dibayarkan kepada Will Smith, produser mendapat penghasilan kotor 10 dolar AS. Wow!

 

 

Demi Jaden Smith

Aktor Will Smith dan putranya Jaden Smith  berpose saat menghadiri Premiere's Netflix's

Menikah dengan Sheree Zampino pada 1992, Will Smith dikaruniai seorang anak bernama Willard Caroll Smith III yang jadi rekan duetnya di lagu "Just Two Of Us." Will Smith dan Sheree cerai pada 1995.

Dua tahun kemudian, ia menikahi Jada Pinkett. Mereka dikaruniai 2 anak, Jaden Smith dan Willow Smith.

Jaden mengikuti jejak Will di dunia akting. Ia membintangi The Karate Kid (2010) bersama Jackie Chan yang laris di pasar. Demi mendukung karier Jaden Smith di The Karate Kid, Will Smith memboyong keluarganya tinggal di Beijing, Tiongkok, selama 3 bulan.

 

 

Tentang Teknologi Gemini Man

Gemini Man (Paramount Pictures)

Meski mendapat kritik negatif, Will Smith tetap bangga pada pencapaian Gemini Man. Di film itu, Will Smith memerankan Henry yang diincar pembunuh berwajah mirip dengannya. Namanya, Junior.

"Ini hal spektakuler, menciptakan kembaran saya yang membuat penonton merasakan emosi lewat sorot mata yang lebih muda. Ini menakjubkan sekaligus bagian tersulit. Sebagai aktor muda, lebih mudah tampil tua (di depan kamera). Tapi bagi aktor yang sudah berumur, sulit untuk tampil lebih muda," beri tahu Will Smith saat diwawancara Variety, bulan lalu. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rektor Minta Kasus AB, Dosen yang Ditangkap Polisi Tak Dikaitkan dengan IPB

Posted: 14 Oct 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - AB terduga perencana demo rusuh sudah mengundurkan diri sebagai dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB). Karenanya, AB sudah tidak lagi tercatat sebagai dosen di kampus tersebut.

"Yang bersangkutan sudah mengajukan surat pengunduran diri. Sudah diproses dari seminggu lalu," kata Rektor IPB, Arif Satria seusai Bincang Seru bersama Mahfud di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Bogor, Senin (14/10/2019).

IPB juga sedang menindaklanjuti terkait pengajuan surat pengunduran diri AB ke Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Sejak ditetapkan sebagai tersangka, IPB langsung mengambil langkah dengan memberhentikan sementara. Dengan demikian, AB sudah tidak lagi tercatat sebagai dosen IPB.

Karenanya, Arif meminta masyarakat untuk tidak lagi mengkait-kaitan kasus penangkapan AB dengan kampus tersebut.

"Mohon tidak dikaitkan lagi dengan IPB, karena sesuai aturan setelah ditetapkan sebagai tersangka, maka AB harus diberhentikan sementara," ujar Arif.

Arif mengakui, penetapan AB sebagai tersangka kepemilikan bom molotov yang diduga digunakan untuk aksi Mujahid 212 membuat citra IPB tercoreng.

IPB dianggap menjadi salah satu kampus radikal. Padahal, kenyataanya tidak demikian. IPB sangat menjunjung erat kebhinekaan, nilai kebangsaan dan merawat toleransi serta menolak keras paham radikalisme di dalam kampus.

"IPB yang dipersepsikan orang itu keliru. Padahal kita sangat menjunjung tinggi nilai kebangsaan, kebhinekasn. IPB dari dulu itu, kita merawat kebangsaan dari jalur pendidikan," kata dia.

Ia juga menegaskan, IPB memiliki aturan yang jelas di mana melarang aliran radikalisme yang bertentangan dengan Pancasila.

Agar kasus seperti AB tak lagi terulang, Arif meminta seluruh dosen agar fokus untuk kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. Selain itu, IPB juga akan membangun relasi antardosen, saling bersinergi, dan mengidentifikasi jika ada hal yang mencurigakan di kalangan kampus.

Arief Satria berikut perwakilan wali amanat, perwakilan alumnus, dosen, dan mahasiswa kemudian menandatangani komitmen kebangsaan di Gedung Graha Widya Wisuda, Kompleks IPB, Bogor, Senin (14/10/2019).

"IPB meneguhkan komitmen jati diri sebagai rumah kebhinekaan. IPB tidak memberi ruang untuk paham yang bertentangan dengan Pancasila," kata Arief.

Pencemaran Nama Baik

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD sangat mengapresiasi komitmen kebangsaan yang diserukan segenap civitas akademika.

"Ada yang bilang IPB kampus radikal. Itu pencemaran nama baik, bahkan fitnah," kata Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu.

Dia kembali mengingatkan potensi keberagaman Indonesia, dan itu akan menjadi kekuatan besar jika bersatu. Persatuan adalah modal besar sejak perjuangan mendapatkan kemerdekaan dan mengisinya.

Dengan modal kemerdekaan dan persatuan, Indonesia akan menuju puncaknya pada tahun 2045.

"Dari jembatan emas menuju Indonesia emas, kita merdeka karena bersatu, kita jaya karena bersatu," katanya.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan dosen IPB University berinisial AB sebagai tersangka perencana demo rusuh untuk aksi mujahid 212. AB ditangkap bersama lima orang lainnya di daerah Tangerang, Banten belum lama ini.

AB dijerat sejumlah pasal. Salah satunya Pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 atas tindak pidana membuat, menguasai, membawa, menyimpan, mengangkut, menyerahkan dan atau berusaha menyerahkan bahan peledak jenis bom molotov.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi Ternyata Pernah Kecanduan Minuman Bersoda Pizza

Posted: 14 Oct 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Lionel Messi memiliki bentuk tubuh cukup ideal. Namun, siapa sangka beberapa tahun lalu, suami Antonella Roccuzzo itu pernah kecanduan junk food.

Melansir dari IB Times, Senin (14/10/2019), Lionel Messi remaja kerap menikmati minuman bersoda dan makanan cepat saji. Megabintang Barcelona itu disebut tidak bisa menghentikan kebiasaan buruknya tersebut.

Bahkan, saat Messi telah merapat ke Barcelona, kebiasaan buruknya itu tidak berubah. Pelatih Barcelona saat itu Pep Guardiola dilaporkan pernah meminta agar mesin minuman bersoda dipindah karena dianggap terlalu dekat dengan ruang ganti tim.

Mantan manajer Blaugrana, Charly Rexach, juga pernah membocorkan kebiasaan buruk Messi soal makanan. Rexach mengklaim Messi sering memakan pizza dalam jumlah yang lebih dari seharusnya.

Namun, menjelang usia 27 tahun, Megabintang Barcelona itu sadar pola hidupnya tersebut tidak sehat. Pemain Timnas Argentina itu kemudian melalukan diet ketat.

Motivasi Messi sederhana. Ia hanya ingin tetap tampil bugar dan bisa terus bermain di level tertinggi sepak bola pada usia 30-an.

"Apa yang dapat Anda masukkan ke dalam tubuh Anda pada usia 18 atau 19 tahun tidak sama dengan apa yang dapat Anda masukkan pada usia 27 tahun," kata Lionel Messi.

 

Mirip Cristiano Ronaldo

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) latihan bersama rekan-rekannya jelang menghadapi Luksemburg pada laga kualifikasi Euro 2020 di Oeiras, Portugal, Rabu (9/10/2019). Portugal akan menghadapi Luksemburg di Estadio Jose Alvalade pada 12 Oktober 2019. (Patricia De Melo Moreira/AFP)

Bukan hanya Lionel Messi, megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, juga memiliki pola hidup sehat. Kebiasaan itu disebut menjadi salah satu alasan Ronaldo tetap tampil bugar meskipun sudah berusia 34 tahun.

Saat usianya masih 33 tahun, Ronaldo menjalani pemeriksaan kesehatan di Juventus.

Pemeriksaan tersebut menunjukkan hasil yang mampu membuat sebagian besar penggemar sepak bola dunia berdecak kagum. Bagaimana tidak, jika dilihat dari aspek fisik, Ronaldo masih berusia 20 tahun.

 

Rahasia Diet Ronaldo

Menurut mantan rekan satu tim Cristiano Ronaldo yakni Vitali Kutuzov, Cristiano Ronaldo memiliki sederet rahasia dalam program dietnya. Apa saja itu? 

1. Banyak minum air putih.

2. Minum jus buah satu kali sehari saat sarapan.

3. Lakukan minimal lima sesi olahraga dalam seminggu.

4. Lakukan olahraga pilates.

5. Lakukan olahraga berenang.

6. Tidur cukup, yakni 8 jam sehari.

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari / Editor Yus Mei Sawitri, Published 15/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pindah ke Juventus, De Ligt Jadi Kurang Percaya Diri

Posted: 14 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Amsterdam- Bek Juventus Matthijs de Ligt mengakui performanya kurang memuaskan sejak pindah dari Ajax Amsterdam. De Ligt berjanji segera bangkit dan kembali ke bentuk permainan terbaik.

De Ligt pindah dari Ajax ke Juventus pada musim panas lalu. Dia dibeli Juventus 75 juta euro setelah membawa Ajax meraih double winners di kompetisi domestik dan lolos ke semifinal Liga Champions.

Pindah pada usia 19 tahun, De Ligt yang kini sudah genap 20 tahun kesulitan beradaptasi. Di Juventus, penampilan De Ligt tidak sehebat ketika masih di Ajax.

De Ligt kerap membuat blunder. Beban makin berat karena De Ligt langsung dipercaya jadi starter akibat cedera parah yang dialami kapten Juventus Giorgio Chiellini.

Pemilik nomor punggung 4 itu sadar betul, penampilannya menurun sejak pindah ke Juventus. De Ligt akan bekerja keras agar bisa sehebat ketika masih di Ajax.

"Saya masih belum berada dalam bentuk penampilan terbaik, saya menyadarinya. Semakin sering saya bermain, saya akan semakin dekat kembali ke penampilan terbaik. Apa yang bisa saya lakukan adalah terus bekerja keras, mlakukan yang terbaik dan belajar dari rekan setim," tutur De Ligt.

 

 

Komentar

Bek Juventus, Matthijs De Ligt  (AP/Alessandro Di Marco)

Pada kesempatan yang sama, De Ligt juga mengaku sedikit kehilangan kepercayaan diri di Juventus. Dia merasakan perbedaan besar bermain di Ajax dengan di Juventus.

"Di Ajax, saya merasakan perasaan tak terkalahkan. Sekarang saya merasa kurang, tetapi itu alami. Saya memiliki sedikit kurang percaya diri ketimbang yang saya lakukan musim lalu."

"Saya berada di klub baru, dengan gaya bermain yang baru dan rekan-rekan setim yang baru. Bagi saya, semuanya baru. Ini kurang familiar ketimbang di Ajax, tapi saya menjadi lebih baik dan lebih baik," tegas De Ligt seperti dikutip dari Tribal Football.

Belum Terkalahkan

Matthijs de Ligt (AP/Filippo Venezia)

Beruntung bagi De Ligt. Meski main buruk di musim 2019-2020, dirinya masih belum merasakan kekalahan baik ketika bermain bersama Juventus maupun timnas Belanda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Transformasi Yuki Kato, dari Usia 6 Tahun hingga Jadi Presenter

Posted: 14 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Yuki Kato? Seleb cantik Tanah Air ini mengawali karier di dunia hiburan sejak berusia belia. Yuki mulai terjun di dunia hiburan di sinetron berjudul Inikah Rasanya pada 2005. Saat itu, usia wanita keturunan Jepang baru menginjak 10 tahun.

Nama Yuki Kato mulai dikenal luas oleh publik usai memerankan karakter Rachel kecil di Heart Series pada 2007. Tak hanya sinetron, Yuki juga melebarkan sayap di dunia film sejak usia muda. Pada 2008, wanita kelahiran Malang, 2 April 1995 menjalani debut di film berjudul Basahhh.

Sepanjang kariernya, Yuki sudah membintangi 10 judul film. Terbaru, ia membintangi film berjudul Kapal Goyang Kapten yang tayang 5 September 2019. Untuk sinetron Yuki sudah membintangi 21 judul sinetron. Tak hanya di dunia akting, seleb bertinggi badan 169 cm ini juga mulai merambah dunia musik dan dunia presenter.

Pada 2011, Yuki pernah merilis lagu berjudul "Jangan Dulu". Lalu, Yuki mulai masuk ke dunia presenter pada 2017 dengan menjadi co-host dari Imam Darto dan Dimas Danang di salah satu stasiun televisi swasta. Eksisnya Yuki Kato dari usia belia hingga menjadi presenter membuatnya memiliki banyak penggemar. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret transformasi Yuki Kato yang bikin pangling, Selasa (15/10/2019).

1. Ini dia Yuki Kato di usia 6 tahun. Sudah terlihat cantik sedari kecil kan?

7 Potret Transformasi Yuki Kato, Dari Usia 6 Tahun Hingga Jadi Presenter (sumber: Instagram.com/yukikt)

2. Pada 2007, Yuki sukses memerankan karakter Rachel kecil di Heart Series.

7 Potret Transformasi Yuki Kato, Dari Usia 6 Tahun Hingga Jadi Presenter (sumber: twitter.com/heartseries)

3. Perempuan berusia 24 tahun itu sangat apik beradu akting dengan Irshadi Bagas dan Ranty Maria di Heart Series.

7 Potret Transformasi Yuki Kato, Dari Usia 6 Tahun Hingga Jadi Presenter (sumber: Brilio.net)

4. Dari usia 10 tahun, wanita berzodiak Aries ini memang sudah terbiasa dengan kegiatan syuting sinetron.

7 Potret Transformasi Yuki Kato, Dari Usia 6 Tahun Hingga Jadi Presenter (sumber: twitter.com/heartseries)

5. Beranjak remaja, Yuki masih tetap eksis di dunia akting. Tak hanya sinetron, Yuki mulai merambah dunia film dan musik.

7 Potret Transformasi Yuki Kato, Dari Usia 6 Tahun Hingga Jadi Presenter (sumber: KapanLagi.com)

6. Film 'Basahhh...' (2008) menjadi film perdana wanita keturunan Jepang yang pada saat itu berusia 13 tahun.

7 Potret Transformasi Yuki Kato, Dari Usia 6 Tahun Hingga Jadi Presenter (sumber: KapanLagi.com)

7. Kini, Yuki Kato tetap eksis di dunia hiburan sebagai presenter maupun aktris. Gaya penampilannya pun semakin cantik memesona.

7 Potret Transformasi Yuki Kato, Dari Usia 6 Tahun Hingga Jadi Presenter (sumber: KapanLagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sulli Meninggal Bunuh Diri, Warganet Galang Dukungan Melawan Haters

Posted: 14 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Kematian Sulli secara mendadak pada 14 Oktober 2019 kemarin mengundang reaksi keras dari warganet Korea Selatan. Apalagi Sulli juga diduga bunuh diri karena didera komentar jahat oleh haters sepanjang hidupnya.

Dilansir dari Koreaboo, Selasa (15/10/2019), sejumlah petisi online yang berkaitan dengan kematian Sulli mulai diluncurkan.

Salah satu petisi bertajuk "Kami menuntut hukuman berat terhadap orang yang meninggalkan komentar jahat yang berujung pada kematian Sulli". Pembuat petisi ini menuntut perubahan atas hukum yang tengah berlaku saat ini.

"Orang lain seperti Jonghyun menderita karena ujaran kebencian ini sehingga mengambil keputusan yang mengerikan. Kalau hukum tidak diubah, akan ada kejadian serupa yang terulang. Mohon revisi hukum agar orang yang meninggalkan komentar jahat mendapat hukuman setimpal," begita isi deskripsi petisi ini.

Menghapus Anonimitas

Sulli. (Foto: instagram.com/jelly_jilli)

Bukan hanya satu petisi ini yang muncul ke permukaan. Petisi lainnya mendorong agar anonimitas dalam membuat unggahan di jagat maya dihapus.

Petisi ini meminta agat nama asli pengguna bisa dibuka kepada publik, agar hak orang lain bisa dilindungi. 

Komentar Jahat dan Sulli

Choi Jun Ri atau Sulli. (Soompi)

Komentar jahat memang selalu lekat dengan Sulli semasa hidupnya. Ia sempat hiatus pada 2014 dan setahun setelahnya mundur dari grupnya, f(x). Dilansir dari Soompi, ia memutuskan istirahat dari dunia hiburan karena tak tahan dengan komentar jahat.

Pada 2018, ia juga mengaku menderita gangguan panik dan sociophobia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sebelum Meninggal, Sulli Eks f(x) Batal Syuting

Posted: 14 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sulli eks f(x) ditemukan meninggal di kediamannya. Sulli sempat tidak datang syuting sebuah acara yang biasa ia pandu tanpa diketahui alasannya. Kru acara tersebut juga tidak bisa mengontak Sulli.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harmony OS Berpotensi Raih Pangsa Pasar Terbesar Kelima di Dunia pada 2020

Posted: 14 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertengahan tahun ini, Huawei meluncurkan sistem operasi yang digadang-gadang menjadi pengganti Android, yakni Harmony OS.

Kehadiran Harmony OS tak terbatas pada smartphone, tetapi juga berbagai jenis perangkat, termasuk produk smart home.

Kini laporan terbaru mengklaim pangsa pasar sistem operasi Harmony bakal mencapai angka 2 persen pada tahun depan.

Mengutip Gizmochina, Selasa (15/10/2019), dengan capaian tersebut, Harmony OS diharapkan menjadi sistem operasi terbesar kelima di dunia, melampaui Linux.

Bahkan, lembaga riset pasar Counterpoint menyebut, pangsa pasar OS Harmony di Tiongkok akan mencapai 0,1 persen pada akhir tahun ini. Kemudian, mencapai 5 persen pada tahun depan.

Sekadar informasi, kini Android menjadi sistem operasi terbesar di dunia dengan pangsa pasar 39 persen. Di tempat berikutnya, sistem operasi milik Microsoft, yakni Windows, menempati urutan kedua dengan pangsa pasar 35 persen.

Tentang Harmony OS

Ilustrasi force quit di iOS. (Foto: The Verge)

Ketiga, iOS milik Apple memiliki pangsa pasar 13,87 persen. Sementara, sistem operasi Mac mendapatkan pangsa pasar sebesar 5,92 persen.

Linux kini berada di urutan kelima sebagai sistem operasi paling banyak dipakai di dunia dengan pangsa pasar 0,77 persen.

Diumumkan tahun lalu, OS Harmony digadang-gadang mampu mendukung berbagai aplikasi seperti Android, Linux, dan HTML5 di masa depan.

Sistem operasi baru ini memakai Huawei ARK compiler dan akan mendukung bahasa pemrograman Kotlin, Java, Javascript, C, dan C++.

Sistem operasi ini juga akan memiliki sertifikat eksekusi terpercaya yang diverifikasi untuk keamanan dan konektivitas lebih baik di beberapa perangkat.

Rencana Strategis Harmony OS

Huawei sebelumnya menyebut, pihaknya mulai mengembangkan sistem operasi Harmony sejak 2017. Kini, sistem operasi ini telah memasuki versi Harmony 1.0. Versi 2.0 dijadwalkan untuk rilis tahun depan. Kemudian, versi 3.0 rencananya akan rilis pada 2021.

Harmony juga dirancang untuk bisa dipakai di PC pada tahun depan dan di headset VR pada 2022.

Sekadar informasi, sistem operasi Harmony telah diaplikasikan pada perangkat perusahaan, pertama adalah TV pintar, yakni Honor TV dan Huawei Smart TV.

Meski begitu, perusahaan mengonfirmasi belum ada rencana untuk merilis smartphone dengan Harmony OS tahun ini.

Baru-baru ini, dalam sebuah wawancara dengan Fortune Magazine, CEO Huawei Ren Zhengfei mengklaim sistem operasi ini akan mampu bersaing dengan iOS milik Apple dalam waktu 2 tahun ke depan.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor Indonesia Turun 1,29 Persen di September

Posted: 14 Oct 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada September 2019 mencapai USD 14,10 miliar. Nilai tersebut turun 1,29 persen apabila dibandingkan dengan Agustus 2019 dan turun 5,74 persen dibanding September 2018.

"Total nilai ekspor pada September 2019 sebesar USD 14,10 miliar. Turun 1,29 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya," ujar Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Selasa (15/10).

Suhariyanto merinci, ekspor migas menyumbang sebesar USD 0,83 miliar sedangkan ekspor non migas menyumbang 13,27 miliar. Kedua komponen tersebut sama sama mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Dengan nilai ekspor USD 14,10 miliar, kompisisi ekspor menurut sektornya, untuk ekspor migas turun 5,17 persen secara month to month dan secara year on year turun tajam menjadi 37,13 persen," jelasnya.

Menurut sektor, ekspor non migas menyumbang 94,11 persen dari total ekspor pada September 2019. Masing-masing sektor non migas seperti pertanian, pengolahan dan pertambangan menyumbang USD 0,36 miliar, USD 10,85 miliar dan USD 2,06 miliar.

"Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, ekspor masih perlu terus diperhatikan," tandas Suhariyanto.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Indonesia Ekspor 15 Ribu Kg Gurita ke Jepang

Gurita dapat bersembunyi dan menjadikan dirinya seperi benda yang berada di sekitarnya (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan & Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) melakukan pelepasan ekspor gurita ke Jepang, dari Natuna.

Komoditas ekspor sebanyak 15 ribu kg gurita (Callistoctopus Ornatus) merupakan bahan baku dari perairan Natuna dan sekitarnya, dilakukan dari Unit Pengolahan Ikan (UPI) Selat Lampa, Natuna yang dikelola Perum Perindo.

UPI itu sendiri merupakan bagian dari program Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP) yang membangun Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Natuna. Oleh KKP, UPI tersebut diserahkan ke Pemkab Natuna. Lalu, Pemkab Natuna menggandeng Perum Perindo untuk mengelola UPI tersebut.

"Ekspor ini tindaklanjut realisasi signing dengan perusahaan Jepang Nomura Trading Co.,LTD dari partisipasi kami di pameran Japan International Seafood and Technology Expo (JISTE) Agustus 2019 lalu di Jepang," kata Farida Mokodompit selaku Plt Direktur Utama Perum Perindo di Natuna, Senin (7/10/19).

Produk Perikanan Indonesia jenis gurita juga diminati pasar Internasional seperti Jepang. Farida menegaskan, bahan baku yang Perum Perindo ekspor merupakan serapan 100 persen dari Nelayan Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perteta: Mentan Andi Amran Bapak Mekanisasi Indonesia

Posted: 14 Oct 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Teknik Pertanian (Perteta) memberikan penghargaan Peterta Award kepada Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman sebagai penggerak pertanian modern berbasis mekanisasi. Penghargaan ini diberikan dalam acara konferensi internasional yang digelar di IPB Convention Center, Bogor, Senin (14/10/2019).

"Kita tahu bahwasanya Pak Amran ini sangat konsen terhadap perkembangan mekanisasi pertanian. Kita juga tahu bahwa selama kepemimpinan beliau di Kementerian Pertanian (Kementan, red) sangat kuat dalam mendorong modernisasi. Saya kira beliau pantas diberi penghargaan ini," ujar Ketua Perteta, Desrial, Senin (14/10).

Menurut Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, selama ini Mentan Amran berhasil membawa pertanian Indonesia berbicara banyak di forum diskusi dunia. Terlebih soal distribusi alat mesin pertanian (alsintan) dan pembagian benih unggul yang dibagikan secara merata.

"Perkembangan inilah yang selama ini kita lihat dalam sisi produksi. Nyatanya produksi pangan kita meningkat berlipat-lipat. Maka itu, penghargaan ini pantas diberikan mengingat jasa beliau (Mentan Amram, red) untuk mengembangkan mekanisasi pertanian sangat besar," katanya.

Desrial menambahkan melalui penghargaan ini sosok Amran secara tidak langsung sudah diangkat menjadi Bapak Mekanisasi. Dia berharap, semua capaian produksi pangan dapat diteruskan di massa mendatang.

"Sebenarnya beliau sudah menjadi bapak mekanisasi, sebab bagi kita beliau sudah membuktikan tekad dan semangat memajukan pertanian Indonesia dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0," ungkapnya.

Apresiasi serupa juga datang dari peserta konferensi asal Negara Ghana bernama Courage. Kata dia, saat ini Indonesia mampu mengembangkan teknologi pertanian secara masif dan mengubah wajah tradisional menjadi modern. Perubahan ini perlu diadopsi oleh negara-negara berbasis pertanian di seluruh dunia.

"Saya pikir ini kemajuan yang sangat luar biasa ya. Perubahan ini bagus jika diadopsi oleh negara-negara berbasis pertanian," tukasnya.

Untuk diketahui, Konferensi Internasional ini dihadiri sejumlah delegasi negara-negara besar seperti Jepang dan Ghana. Di sana, hadir diantaranya adalah Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arief Satria, Dirjen PSP Sarwo Edy serta Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Bupati Prihatin Bupati Indramayu Kena OTT KPK

Posted: 14 Oct 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Indramayu - Wakil Bupati Indramayu, Jawa Barat Taufik Hidayat membenarkan bahwa Bupati Supendi dibawa oleh KPK pada Selasa (15/10/2019) dini hari. Taufik mengaku dia tidak tahu persis kasus apa yang menjerat Supendi.

"Yang pertama prihatin ya, bupati kita dibawa oleh KPK," kata Taufik di Indramayu, Selasa, seperti dilansir Antara.

Dia menuturkan sampai saat ini belum bisa menyampaikan apa pun, karena KPK juga belum merilis kasus yang menjerat Bupati Indramayu Supendi.

"Tapi masih tetap kita pegang asas praduga tak bersalah, karena kita belum tahu dan KPK juga belum merilis," ujar dia.

KPK mengamankan Bupati Indramayu Supendi dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar di Kabupaten Indramayu. Bersama Supendi, tim penyidik KPK juga mengamankan tujuh orang lainnya beserta uang ratusan juta yang masih dihitung.

"(Yang diamankan dari unsur) Bupati, ajudan, pegawai, rekanan dan Kepala Dinas dan beberapa pejabat dinas PU lain," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (15/10/2019).

Penangkapan terhadap mereka diduga berkaitan dengan tindak pidana suap terkait proyek di Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Ada dugaan transaksi terkait proyek di Dinas PU," kata Febri.

Uang Ratusan Juta

Juru Bicara KPK , Febri Diansyah. (Merdeka.com/Yunita Amalia)

KPK menangkap Bupati Indramayu Supendi dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Selasa (15/10/2019) dini hari. Bersama Bupati Supendi, tim penindakan juga mengamankan 7 orang lainnya.

"Jadi total 8 orang," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (15/10/2019).

Penangkapan terhadap mereka dilakukan karena diduga melakukan tindak pidana suap. Bersama mereka, tim KPK juga menyita uang ratusan juta rupiah yang masih dalam proses penghitungan.

"Uang sekitar seratusan juta, sedang dhitung," kata Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faisal Basri Sebut Pajak Ibarat Tanam Buah, Ada Saat Menyiram dan Memetik

Posted: 14 Oct 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom senior Faisal Basri menyoroti tren penerimaan negara dari pajak yang cenderung menurun dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu hal yang menjadi sorotannya yakni banyaknya pekerja lepas seperti supir ojek online (ojol) yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Dia mengatakan, suksesnya pertumbuhan pajak itu ibarat menanam buah. Menurutnya, menumbuhkan ekonomi itu sama dengan kiat memetik buah yang ranum seandainya itu berasal dari bibit yang bagus dan dapat disiram secara teratur.

"Teman-teman harus sadari bahwa penerimaan pajak terbesar industri. Nah, kalau industrinya trennya turun terus ya pertumbuhan pajak juga turun," ujar dia saat ditemui di Tjikini Lima Restaurant & Cafe, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Faisal mengapresiasi upaya perusahaan seperti Gojek dan Grab yang bisa memangkas angka pengangguran dengan menarik mitra kerja. Namun, ia menganggap hal tersebut belum efektif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkualitas lantaran belum berperan besar dalam menyumbang pajak.

"Artinya orang yang bekerja bisa bayar pajak. Tapi kalau bekerjanya di Gojek Grab kan enggak ada NPWP-nya. Jadi ekonomi tumbuh berkualitas juga sangat penting," imbuh dia.

Menurutnya, sebuah badan usaha formal bakal melakukan pemotongan pajak pendapatan kepada para pegawainya. Sementara driver ojol berstatus sebagai mitra kerja yang tidak mendapat slip gaji dari perusahaan yang mempekerjakannya.

"Kalau pabrik pertumbuhan niscaya pabrik itu punya nomor usaha formal dia bayar pajak perusahaan, dia bayar PPN, dan (pajak) pegawai-pegawai dari pabrik tinggal dipotong dari gaji. Tapi kalau Gojek enggak ada gajinya, enggak ada slip gajinya," tutur dia.

Sri Mulyani Buka Potensi Kenakan Pajak pada Robot

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa pengenaan pajak pada robot bukan sesuatu yang tidak mungkin. Apalagi dengan perkembangan teknologi, di mana sejumlah negara mampu meciptakan robot menyerupai manusia dan memiliki kewarganegaraan.

"Jadi ketika Anda berbicara mengenai pajak untuk robot, saya pikir itu merupakan sesuatu yang nyata, karena Sophia memiliki kewarganegaraan," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Selasa 17 September 2019. 

Seperti diketahui kehadiram Robot Sophia, yang dikembangkan oleh perusahaan berbasis di Hong Kong, Hanson Robotics mendapatkan kewarganegaraan Arab Saudi pada tahun 2017. Sekaligus menjadi robot pertama yang memperoleh kewarganegaraan.

Sri Mulyani mengatakan kehadiran Sophia bisa menjadi salah satu penguat untuk robot agar bisa dikenakan pajak oleh negara yang memberikan kewarganegaraan. Sehingga, ketika robot telah memiliki kewarganegaraan, maka kewajiban untuk membayar pajak pun sudah berlaku.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun bertanya-tanya terkait kehadiran Sophia di Indonesia. Sebab sebagai robot yang memiliki kewarganegaraan seharusnya Sophia juga memiliki pasport dan diperiksa oleh petugas imigrasi.

"Saya membayangkan ketika Sophia masuk ke Indonesia, apakah dia memiliki paspor atau tidak. Dan pihak keimigrasian seharusnya sudah memproses paspornya. Jadi, ya, welcome Sophia and welcome to the new world," klakar Sri Mulyani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Panggil Sekjen KKP Nilanto Perbowo

Posted: 14 Oct 2019 09:24 PM PDT

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo menunggu panggilan petugas untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa untuk tersangka Direktur PT Navy Arsa Sejahtera Mujib Mustofa. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo menunggu panggilan petugas untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa untuk tersangka Direktur PT Navy Arsa Sejahtera Mujib Mustofa. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin impor ikan tahun anggaran 2019 di Perum Perikanan Indonesia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin impor ikan tahun anggaran 2019 di Perum Perikanan Indonesia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo menunggu panggilan petugas untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa untuk tersangka Direktur PT Navy Arsa Sejahtera Mujib Mustofa. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo menunggu panggilan petugas untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa untuk tersangka Direktur PT Navy Arsa Sejahtera Mujib Mustofa. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo berada di ruang tunggu Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin impor ikan tahun anggaran 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo berada di ruang tunggu Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin impor ikan tahun anggaran 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo menunggu panggilan petugas untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa untuk tersangka Direktur PT Navy Arsa Sejahtera Mujib Mustofa. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo menunggu panggilan petugas untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Nilanto Perbowo diperiksa untuk tersangka Direktur PT Navy Arsa Sejahtera Mujib Mustofa. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Topan Hagibis Capai 67 Orang, Hujan Deras Hambat Evakuasi Penyintas

Posted: 14 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Hujan yang mengguyur Jepang pada Selasa, 15 Oktober 2019 diduga akan menghambat upaya puluhan ribu penyelamat Jepang mencari korban selamat pasca-terjangan Topan Hagibis. Angin ribut yang kuat itu telah menewaskan 67 orang.

Topan Hagibis melanda Jepang pada Sabtu 5 Oktober malam, melepaskan angin kencang dan hujan lebat di 36 prefektur negara, yang kemudian memicu tanah longsor dan bencana banjir.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (15/10/2019), korban tewas akibat bencana tersebut terus meningkat, dan menurut laporan NHK pada hari ini, puluhan orang masih dinyatakan hilang. 

"Bahkan sekarang, banyak orang masih belum ditemukan di daerah bencana," ujar Perdana Menteri Shinzo Abe pada pertemuan darurat bencana pada hari Senin.

"Petugas penyelamatan mencoba yang terbaik untuk mencari dan menyelamatkan mereka, bekerja siang dan malam," kata Abe.

Kemudian pada hari itu, ia berjanji untuk "melakukan apa pun yang bisa dilakukan negara" bagi para korban dan orang yang selamat, memerintahkan kementerian pertahanan untuk memanggil 1.000 pasukan cadangan untuk bergabung dengan 31.000 pasukan aktif dalam operasi pencarian.

Tetapi pekerjaan penyelamatan yang berlanjut hingga malam pada hari Senin berisiko digagalkan oleh hujan yang mengguyur Jepang

"Saya meminta orang untuk tetap waspada sepenuhnya dan terus mengawasi tanah longsor dan banjir sungai," kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dalam konferensi pers.

Di Nagano, salah satu daerah yang paling terdampak dari Topan Hagibis, para pejabat mengatakan mereka bekerja dengan hati-hati.

"Kami khawatir tentang dampak hujan terbaru pada upaya penyelamatan dan pemulihan," kata pejabat setempat Hiroki Yamaguchi kepada AFP.

"Kami akan melanjutkan operasi sambil mengawasi bencana susulan akibat hujan saat ini."

Banjir Usai Topan

Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Para korban yang tewas akibat bencana badai dievakuasi dari mobil dan rumah. Banjir yang melanda juga turut menambahkan jumlah korban yang tewas.

Para korban tewas meliputi seorang pekerja kota dan setidaknya tujuh awak kapal kargo yang tenggelan di Teluk Tokyo pada Sabtu malam. Empat awak lainnya, dari China, Myanmar dan Vietnam berhasil diselamatkan ketika kapal tenggelam dan kini penjaga pantai masih berusaha mencari anggota lainnya.

Hembusan angin dari Hagibis mencapai hingga 216 kilometer per jam, tetapi hujan lebatlah yang membuatnya semakin parah.

Sebanyak 176 sungai banjir, terutama di Jepang timur dan utara, kata media setempat.

Di pusat Nagano, tanggul yang menembus air dari sungai Chikuma mengalir ke lingkungan perumahan, membanjiri rumah-rumah sampai ke lantai dua.

Di tempat lain, tim penyelamat menggunakan helikopter untuk mennyelamatkan korban yang selamat dari atap dan balkon, dan menggunakan kapal melalui perairan berlumpur untuk menjangkau mereka yang terjebak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Menetap di Amerika, Ini 6 Potret Gisela Cindy dan Pacar Bulenya

Posted: 14 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis cantik Gisela Cindy, adik dari Gracia Indri ini memang cukup lama tak muncul di layar kaca Tanah Air. Sebelumnya Gadis kelahiran Pasuruan, 1 Desember 1994 ini dikenal sebagai aktris yang sering membawakan karakter jahat dan sombong.

Aktif menjadi aktris sejak 2004 silam, tak membuat Gisela Cindy melupakan kewajibannya untuk menimba ilmu. Saat ini ia lebih berfokus untuk melanjutkan pendidikannya di Amerika. Gadis berusia 25 tahun tersebut bahkan sudah lulus dari pendidikannya jurusan Film Production di Vancouver Film School dan tahun lalu lulus dari bidang Fashion Design di Kanada.

Sudah lama menetap di benua Amerika, Gisela Cindy tentu memiliki teman dekat. Gisela Cindy yang kini bekerja di salah satu perusahaan di Kanada diketahui sedang menjalin hubungan dengan sosok bule bernama Brandon Willis.

Melalui akun Instagram pribadi masing-masing, baik Gisela dan Brandon kerap membagikan momen-momen kebersamaan mereka. Bahkan kekasih Gisela ini pernah berfoto bersama dengan Gracia Indri dan ibunya.

Penasaran dengan sosok kekasih Gisela Cindy bernama Brandon Willis? Berikut ini 6 potret kebersamaan mereka yang dirangkum dari akun Instagram masing-masing oleh Liputan6.com, Selasa (15/10/2019). 

1. Ini nih sosok Brandon Willis, kekasih dari Gisela Cindy.

Lama menetap di Amerika, ini potret Gisela Cindy bersama kekasih bulenya. (Sumber: Instagram/@giselacindy12)

2. Keduanya sering mengunggah foto bersama saat mengunjungi beberapa tempat wisata.

Lama menetap di Amerika, ini potret Gisela Cindy bersama kekasih bulenya. (Sumber: Instagram/@giselacindy12)

3. Gisela Cindy dan Brandon yang tampak mesra di hamparan bunga tulip yang indah.

Lama menetap di Amerika, ini potret Gisela Cindy bersama kekasih bulenya. (Sumber: Instagram/@giselacindy12)

4. Mesra banget saat berfoto di Louvre Museum, Paris, Prancis.

Lama menetap di Amerika, ini potret Gisela Cindy bersama kekasih bulenya. (Sumber: Instagram/@brandon16willis)

5. Hubungan Brandon dan Gisela Cindy pun sudah direstui oleh orang tua masing-masing lho.

Lama menetap di Amerika, ini potret Gisela Cindy bersama kekasih bulenya. (Sumber: Instagram/@brandon16willis)

6. Momen ketika Brandon ikut menghabiskan waktu bersama Gisela Cindy, Gracia Indri dan sang ibunda.

Lama menetap di Amerika, ini potret Gisela Cindy bersama kekasih bulenya. (Sumber: Instagram/@giselacindy12)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pesepak Bola Dunia Mencoba Peruntungan Menjadi Vlogger

Posted: 14 Oct 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - Menjadi pesepak bola top dunia mungkin cita-cita besar bagi sebagian orang. Tapi, tidak semua pesepak bola dunia bisa mencapai titik terbaik kariernya.

Bukan keputusan aneh jika beberapa pesepak bola ternama dunia mencoba peruntungan di bidang lain. Megabintang Juventus Cristiano Ronaldo tampaknya menjadi pesepak bola yang sudah memiliki karier lain di samping karier sepak bolanya.

Bintang Timnas Portugal itu kerap malang melintang sebagai model dan bintang iklan. Dia juga sudah memulai beragam bisnis, mulai fashion hingga properti. 

Di dunia digital seperti sekarang ini, memulai karier baru bukan perkara yang susah. Apalagi, sejumlah platform menyediakan tempat untuk berkreasi, misalnya saja platfom YouTube.

Dari penelusuran Bola.com, sejumlah pesepak bola ternama ternyata cukup cerdik dalam memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk mencoba peruntungan baru. Mereka diyakini cukup berhasil membuat konten YouTube.

Berikut lima pesepak bola dunia yang mencoba peruntungan menjadi vlogger:

1. Petr Cech (51,8 Ribu Subscriber)

Petr Cech. (AFP/Adrian Dennis)

Petr Cech memulai kariernya sebagai vlogger sejak empat tahun lalu. Mantan rekan Mesut Ozil di Arsenal ini disebut sangat menyukai bermain drum.

Jadi tak heran kalau seluruh konten YouTubenya memperlihatkan kelihaiannya memukul drum.

2. Marcelo (1,25 Juta Subsciber)

Bek Real Madrid Marcelo (dua kiri) bercanda dengan rekan-rekannya saat berlatih di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (30/9/2019). Real Madrid bersiap jelang menjamu Club Brugge dalam laga Liga Champions. (AP Photo/Bernat Armangue)

Bek Real Madrid ini juga seorang vlogger. Marcelo memang baru mengelola akun YouTubenya itu sejak satu tahun lalu.

Namun, atensi yang diberikan penggemar cukup luar biasa. Kepiawaian pemain Timnas Brasil tersebut dalam menggabungkan audio dan visual dalam setiap kontennya, disebut menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar.

3. Mesut Ozil (69,3 Ribu Subscriber)

Mesut Ozil – Gelandang Arsenal ini ternyata mempunyai bakat sebagai Vlogger. Aktivitas sehari hari serta challenge merupakan konten yang biasa diupload di YouTube nya. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Wajah tampan yang dimiliki Mesut Ozil disebut menjadi modal berharga untuk menjadi vlogger. Dari hasil penelusuan Bola.com, Ozil sudah mulai membuat konten YouTube sejak lima tahun lalu.

Meski Ozil jarang mengunggah konten baru, namun pengikutnya sudah cukup banyak lho.

4. Rio Ferdinand (572 Ribu Subsciber)

Rio Ferdinand – Mantan Bek Timnas Inggris ini menghabiskan masa pensiunnya dengan menjadi komentator bola dan membuat video YouTube. Legenda MU ini sering berbagi kegiatan sehari-hari nya. (AFP/Patrik Stollarz)

Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, juga cukup aktif mengunggah video di akun YouTubenya. Sejauh ini, ada 327 video yang telah diunggah Ferdinand.

Konten video Rio Ferdinand cukup beragam, meskipun sebagian besar masih berkaitan dengan sepak bola. Ada sesi perbincangan dengan pesepak bola, legenda, atau analisis. 

5. Juan Mata (209 Ribu Subscriber)

Gelandang Manchester United, Juan Mata. (AP/Mike Egerton)

Selain Rio Ferdinand, Juan Mata juga menjadi pemain Manchester United yang punya akun YouTube. Pemain kidal asal Spanyol itu bahkan sudah 88 kali mengunggah video konten.

Sayang, tak ada konten baru di akun YouTube Juan Mata sejak satu tahun terakhir.

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari / Editor Yus Mei Sawitri, Published 15/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggap Dakwaan JPU Kabur, Pengacara Minta Kriss Hatta Dibebaskan

Posted: 14 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kriss Hatta mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), terhadap kasus dugaan penganiayaan yang melibatkan dirinya.

Dalam eksepsi tersebut, pengacara Kriss Hatta, Denny Lubis, menyatakan bahwa dakwaan JPU tidak memenuhi syarat formil mengenai penanggalan peristiwa tindak pidana. 

"Di mana pada dakwaan tersebut jaksa mengatakan bahwa tanggal 7 April 2019 adalah ada peristiwa hukum yang terjadi terkait perkara Kriss. Padahal faktanya polisi mengusut pada 6 April 2019," kata Denny Lubis usai sidang di PN Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

Dalam dakwaan, JPU juga tidak menyebut identitas pelaku yang menyebabkan peristiwa penganiayaan antara Kriss Hatta dan Antony Hillenaar terjadi. Hal ini membuat pihak Kriss Hatta menilai bahwa dakwaan JPU kabur.

"Hanya disebutkan sebagai 'Teman Anthony' artinya teman itu siapa? Dan dua halaman yang dikemukakan JPU dalam dakwaan tidak menjelaskan nama, kedudukan hukumnya, maupun identitas lain dari temannya itu," tegas Denny Lubis. 

"Sehingga jelas ini adalah dakwaan yang kabur karena tidak bisa menjelaskan siapa yang melakukan perbuatan itu," ia menyambung pernyataan. 

 

Perdamaian

Pemain sinetron Kriss Hatta bersiap menjalani sidang perdana kasus dugaan penganiayaan di PN Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019). Kriss Hatta diduga melakukan penganiayaan terhadap pemain FTV bernama Anthony Hillenaar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Point ketiga, JPU juga tak menyebut soal perdamaian yang telah dilakukan Kriss Hatta dan Antony Hillenaar. Padahal, perdamaian itu dapat meringankan status Kriss sebagai terdakwa.

"Itu menurut kami juga diketahui oleh penyidik Polda Metro. Karena adanya pencabutan laporan dan itu disayangkan tidak ada dalam dakwaan yang kemarin dibacakan. Nah itu salah satu eksepsi kita tadi," tambah tim pengacara Kriss Hatta, Suratman.

Atas dasar itu, pengacara Kriss Hatta meminta agar JPU mengabulkan eksepsi atas surat dakwaan. Sang kuasa hukum juga mengajukan permohonan lainnya.

"Memerintahkan Jaksa Penuntut Umum dalam perkara ini untuk membebaskan terdakwa, Krisdian Topo Khuhatta alias Kris Hatta Alias Kriss. Menyatakan memulihkan nama baik terdakwa Krisdian Topo Khuhatta," begitu akhir dari nota keberatannya.

Ancaman 5 Tahun Penjara

Pemain sinetron Kriss Hatta bersiap menjalani sidang perdana kasus dugaan penganiayaan di PN Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019). Kriss Hatta mengaku tidak menyesal meski sudah memberikan uang damai cukup besar kepada Anthony Hilenaar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diketahui, persidangan ini merupakan imbas dari laporan temannya, Antony Hillenaar. Pada April lalu, Kriss Hatta diduga menganiaya Antony karena membela kekasihnya.

Dalam sidang perdana, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Kriss Hatta dengan Pasal 351 ayat 1 KUHP. Ancaman hukumannya adalah 5 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Dagang, China Lebih Unggul dari AS

Posted: 14 Oct 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China yang sudah berlangsung hampir dua tahun belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

CFA Senior Portofolio Manager Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Samuel Kesuma memandang ada kondisi berbeda di tahun kedua perang dagang.

"Kami melihat perubahan dalam dinamika bilateral telah terjadi. Dapat dikatakan saat ini pemerintah China berada dalam posisi tawar yang lebih unggul untuk memutuskan arah dan persyaratan perdagangan," kata dia, dalam keterangan kepada Merdeka.com, Senin (14/10/2019).

Kondisi AS saat ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan ketika pertama kali pertikaian dagang muncul di 2018. Saat itu AS terlihat lebih mendominasi dengan ekonomi yang lebih kuat dan pasar keuangan yang lebih solid.

Saat ini perekonomian AS mulai melambat, pasar keuangan melemah, tekanan terhadap presiden Trump meningkat mendekati pemilu 2020 dan ruang penambahan tarif juga lebih terbatas.

"Selama ini presiden Trump terus menyatakan keunggulan dan kekuatan posisi dalam negosiasi konflik dagang, faktanya beberapa sektor ekonomi di AS mengalami tekanan," ujar dia.

Sektor-sektor ekonomi AS yang tertekan, kata dia, seperti ekspor yang turun bagi ke China maupun ke negara lain, kontraksi pada sektor manufaktur, serta melambatnya penyerapan tenaga kerja. Indikator-indikator tersebut cukup vital mempengaruhi PDB AS di semester pertama 2020 yang merupakan periode krusial kampanye pemilu.

Jajak pendapat terakhir mengindikasikan penurunan kepuasan masyarakat terhadap pemerintah terutama di bidang ekonomi, bidang yang selama ini dianggap sebagai keunggulan presiden Trump. "Data terkini menunjukkan 58 persen masyarakat AS memandang eskalasi konflik dagang dengan China merupakan kebijakan yang buruk bagi AS. Kondisi ini dapat 'menekan' pemerintah untuk lebih melunak dalam negosiasi dengan China dan membuka kemungkinan adanya persetujuan sementara," jelas dia.

Terkait suku bunga The Fed, pihaknya memprediksi masih ada pemangkasan suku bunga Fed 50 basis poin dalam enam bulan ke depan, dan kemungkinan peluncuran stimulus lebih lanjut. Kebijakan moneter akan digunakan untuk mengimbangi efek negatif resesi manufaktur global, risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi dari kebijakan moneter ketat 2018, dan 'guncangan' yang ditimbulkan oleh konflik dagang.

"Kami memperkirakan bahwa sebagian besar bank sentral global akan mempertahankan suku bunga rendah dan menghindari kenaikan suku bunga setidaknya selama dua tahun ke depan, sebagai usaha untuk mendorong inflasi menuju atau bahkan lebih tinggi dari target yang ditentukan," ujarnya.

Lantas bagaimana dampak eskalasi perang dagang terhadap kinerja ekonomi domestik?

 

Indonesia Terdampak

Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Koja, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Perlambatan ekonomi negara-negara tujuan ekspor, perang dagang, dan harga komoditas yang masih fluktuatif menyebabkan merosotnya nilai ekspor Indonesia. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Menurut Samuel, jika ekonomi dunia melemah, permintaan komoditas secara global akan berkurang. Indonesia sebagai negara pengekspor komoditas tentu akan terkena dampaknya, dan pada akhirnya perekonomian Indonesia juga ikut melemah.

"Data aktivitas domestik, penjualan mobil, semen, properti dan sektor manufaktur terlihat mengalami perlambatan, walaupun memang penyebab perlambatan tersebut bukan disebabkan faktor eksternal saja, namun ada juga peranan faktor internal," paparnya.

Dia memandang langkah pemerintah terus melakukan berbagai upaya pembangunan hard dan soft infrastructure sudah tepat. Tujuannya adalah peningkatan kualitas SDM dan pertumbuhan ekonomi guna meningkatkan daya tarik dan daya saing Indonesia di antara negara kawasan, lewat meningkatnya investasi dan mengurangi ketergantungan akan ekspor komoditas mentah.

Ke depannya, lanjut dia, kebijakan moneter masih akan tetap akomodatif. Kebijakan moneter akomodatif ini dapat menjadi 'bantalan' bagi ekonomi Indonesia di tengah perlambatan ekonomi global. Ruang pemangkasan suku bunga lebih lanjut terlihat dari suku bunga riil Indonesia yang masih kompetitif jika dibandingkan dengan negara kawasan Asia yang memiliki defisit neraca berjalan, seperti India dan Filipina.

"Inflasi, defisit pada neraca berjalan dan prospek pertumbuhan ekonomi akan menjadi faktor pertimbangan penting dalam pemangkasan suku bunga lebih lanjut," imbuh dia.

 

Insentif Fiskal

Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Koja, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Perlambatan ekonomi negara-negara tujuan ekspor, perang dagang, dan harga komoditas yang masih fluktuatif menyebabkan merosotnya nilai ekspor Indonesia. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sementara dari sisi fiskal, pemerintah sudah memformulasi beberapa insentif fiskal dalam bentuk perpajakan. Hal tersebut diharapkan dapat menahan dampak negatif perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia, sekaligus mengakselerasi pemulihan perekonomian domestik.

"Rencananya pemerintah akan menurunkan pajak pendapatan korporasi dari level saat ini 25 persen menjadi 22 persen di 2021 dan 20 persen di 2023 guna meningkatkan daya saing Indonesia di kawasan Asia. Pemerintah juga berencana untuk mengubah ambang batas pajak penghasilan individu, yang dapat meningkatkan disposable income dan diharapkan dapat mendorong daya beli masyarakat," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembagian Tugas Sudah Diputuskan, Lestari Moerdijat: Pimpinan MPR Siap Jalankan Amanah Rakyat

Posted: 14 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menegaskan, pasca pelantikan Ketua MPR dan para Wakil Ketua MPR periode 2019-2024 tanggal 3 Oktober 2019 lalu, Pimpinan MPR segera melakukan berbagai persiapan untuk sesegera mungkin melaksanakan tugas yang diamanahkan rakyat dan negara. Yang terdekat yakni Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada tanggal 20 Oktober 2019.

"Pembagian tugas para Pimpinan MPR diputuskan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) MPR pada 9 Oktober, tetapi rincian dari keseluruhan serta pelaksanaannya nanti diserahkan kepada Pimpinan MPR untuk dijabarkan lebih lanjut. Jadi, kami semua melakukan pendalaman terhadap tugas masing-masing, khususnya untuk (Pimpinan) yang baru," ujar Lestari usai menghadiri Rapat Gabungan Pimpinan MPR bersama para Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di MPR, di Ruang Rapat GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Diungkapkan politikus perempuan partai Nasdem ini, sebagai salah satu Pimpinan MPR baru dirinya membutuhkan waktu untuk mempelajari nomenklatur MPR yang lama dan yang baru sehingga jangan sampai di kemudian hari terjadi tumpang tindih pemahaman seperti beda antara penyerapan aspirasi masyarakat dan Sosialisasi Empat Pilar MPR.

"Pada intinya kami memang butuh waktu agar semua berjalan baik. Kami berharap pada Rapim selanjutnya sudah bisa berjalan semua. Untuk saat ini, konsentrasi kita memang ke tanggal 20 Oktober itu yakni Pelantikan Presiden dan Wapres RI. Sebab sudah sangat dekat dan sejauh ini pembahasannya sudah berjalan sangat baik yakni pada Rapim 9 Oktober lalu dan Ragab hari ini," katanya.

Secara pribadi, Lestari menegaskan siap menjalankan tugas-tugas sebagai Pimpinan MPR, terutama tugas sebagai Pimpinan MPR yang membawahi bidang aspirasi masyarakat.

"Saya siap, bersama tim pendukung saya sudah mulai melakukan telah mengenai tugas saya di MPR. Dan yang paling penting mempelajari nomenklaturnya jangan sampai overlapping, itu yang penting," imbuh Lestari.

Ketika disinggung soal Sosialisasi Empat Pilar MPR yang telah lama digaungkan MPR RI, Lestari menegaskan bahwa pemahaman seputar nilai-nilai kebangsaan yang diusung dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR tersebut sangatlah penting.

"Dulu sebelum menjadi Pimpinan MPR sebagai orang luar, saya melihat kok ya sosialisasi ini penting sekali sangat bermanfaat terutama untuk generasi muda. Kalau kita belajar dari sejarah, jaman saya kecil sekolah itu kita punya P4 kan, saya masih mengalami yang namanya cerdas cermat P4, hafal saya tuh 36 butir-butir P4, tapi sekian puluh tahun kemudian saya lupa. Lupa karena itu adanya dihafalan, bukan penghayatan dan pengamalan," imbuhnya.

Ke depan, lanjut Lestari, MPR mesti lebih jauh lagi menerapkan metode sosialisasi yang tidak hanya menekankan hafalan tapi menjadi sebuah pemahaman yang berlanjut dalam bentuk pengamalan.

"Metodologi penyampaiannya juga mesti disesuaikan dengan kelompok target sasaran sosialisasi seperti kelompok akademisi, generasi milenial baik pelajar dan mahasiswa, anak usia dini, dan masyarakat pedesaan. Saya kira ini adalah 'pekerjaan rumah' MPR untuk diperhatikan betul," tandasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Utang Luar Negeri Indonesia di Agustus 2019 Capai USD 393,5 miliar

Posted: 14 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia melaporkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Agustus 2019 tumbuh melambat dengan struktur yang sehat. 

ULN Indonesia pada akhir Agustus 2019 tercatat sebesar USD 393,5 miliar, terdiri dari ULN publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar 196,3 miliar dolar AS, serta ULN swasta (termasuk BUMN) sebesar USD 197,2 miliar.

ULN Indonesia tersebut tumbuh 8,8 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 10,9 persen (yoy), terutama dipengaruhi oleh transaksi pembayaran neto ULN.

"Perlambatan pertumbuhan ULN tersebut disebabkan oleh menurunnya posisi ULN publik dan ULN swasta dibandingkan dengan posisi pada bulan sebelumnya," tulis laporan Bank Indonesia seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (15/10/2019).

ULN pemerintah tumbuh melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya. ULN pemerintah pada bulan Agustus 2019 tumbuh 8,6 persen (yoy) menjadi sebesar USD 193,5 miliar, melambat dari bulan Juli 2019 yang tumbuh 9,7 persen (yoy).

Selain tumbuh melambat, posisi ULN pemerintah tersebut juga tercatat lebih rendah dibandingkan dengan posisi pada bulan sebelumnya karena berkurangnya posisi Surat Berharga Negara (SBN) yang dimiliki oleh investor asing.

Hal ini antara lain dipengaruhi oleh faktor ketidakpastian di pasar keuangan global seiring dengan ketegangan perdagangan yang masih berlanjut dan risiko geopolitik yang meningkat.

 

Pengelolaan ULN

Teller menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengelolaan ULN pemerintah diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, dengan porsi terbesar pada beberapa sektor produktif yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, yaitu sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial (18,9 persen dari total ULN pemerintah), sektor konstruksi (16,4 persen), sektor jasa pendidikan (15,9 persen), sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (15,2 persen), serta sektor jasa keuangan dan asuransi (13,9 persen).

ULN swasta tumbuh lebih rendah dari bulan sebelumnya. Posisi ULN swasta pada akhir Agustus 2019 tumbuh 9,3 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 12,6 persen (yoy).

Bank Indonesia mencatat, pelunasan utang dagang korporasi bukan lembaga keuangan mendorong penurunan posisi ULN swasta sebesar USD 2,6 miliar menjadi USD 197,2 miliar.

Secara sektoral, ULN swasta didominasi oleh sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor industri pengolahan, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara (LGA), serta sektor pertambangan dan penggalian. Pangsa ULN di keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 75,6 persen.

 

Rasio Terhadap PDB Membaik

Teller menunjukkan mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Hingga hari ini, US$ 1 dibanderol Rp 14.020. Rupiah menguat 0,71% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Struktur ULN Indonesia tetap sehat didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Kondisi tersebut tercermin antara lain dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada Agustus 2019 sebesar 36,1 persen, membaik dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya.

Selain itu, struktur ULN Indonesia tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang dengan pangsa 88,1 persen dari total ULN.

"Dalam rangka menjaga struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus meningkatkan koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menyokong pembiayaan pembangunan, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian," tutup Bank Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemeriksaan Perdana Imam Nahrawi Usai Ditahan KPK

Posted: 14 Oct 2019 09:14 PM PDT

Mantan Menpora Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi diperiksa perdana pascapenahanan untuk melengkapi berkas penyidikan asisten pribadinya, Miftahul Ulum dalam kasus suap dana hibah KONI dan gratifikasi (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menpora Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi diperiksa perdana pascapenahanan untuk melengkapi berkas penyidikan asisten pribadinya, Miftahul Ulum dalam kasus suap dana hibah KONI dan gratifikasi (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana pascapenahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi sebagai saksi dalam kasus suap dana hibah pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana pascapenahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi sebagai saksi dalam kasus suap dana hibah pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menpora Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi diperiksa perdana pascapenahanan untuk melengkapi berkas penyidikan asisten pribadinya, Miftahul Ulum dalam kasus suap dana hibah KONI dan gratifikasi (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menpora Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi diperiksa perdana pascapenahanan untuk melengkapi berkas penyidikan asisten pribadinya, Miftahul Ulum dalam kasus suap dana hibah KONI dan gratifikasi (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana pascapenahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi sebagai saksi dalam kasus suap dana hibah pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana pascapenahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi sebagai saksi dalam kasus suap dana hibah pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menpora Imam Nahrawi tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi diperiksa perdana pascapenahanan untuk melengkapi berkas penyidikan asisten pribadinya, Miftahul Ulum dalam kasus suap dana hibah KONI dan gratifikasi (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menpora Imam Nahrawi tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi diperiksa perdana pascapenahanan untuk melengkapi berkas penyidikan asisten pribadinya, Miftahul Ulum dalam kasus suap dana hibah KONI dan gratifikasi (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana pascapenahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi sebagai saksi dalam kasus suap dana hibah pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana pascapenahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi sebagai saksi dalam kasus suap dana hibah pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Menteri Resmikan Groundbreaking Toba Caldera Resort

Posted: 14 Oct 2019 09:12 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budikarya Sumadi meresmikan groundbreaking atau peletakan batu pertama pengembangan Toba Caldera Resort, Senin (14/10). Bukan hanya infrastrukturnya yang dikembangkan, tapi destinasi dan amenitasnya juga ikut diperkuat. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, acara terdiri dari tiga bagian. Mulai dari peresmian The Caldera Nomadic Escape, Groundbreaking Toba Caldera Resort dan penandatanganan Letter Of Investment (LOI) bersama enam Investor yang sudah berinvestasi.

"Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo bahwa Danau Toba sudah ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas dengan pembangunan yang berkelas dunia, dan diharapkan pada bulan April 2020 pembangunan Glamping Camp sudah selesai. Percepatan akan terus kami dorong di Danau Toba," ujar Arief Yahya.

Selain groundbreaking, peresmian ini juga dirangkai dengan berbagai kegiatan, seperti penanaman pohon dan penandatanganan prasasti. Proyek tersebut sendiri bernilai Rp4,04 triliun. Di mana proyek ini dimaksudkan membenahi amenitas berupa The Caldera Nomadic Glamping Camp Toba Caldera Resort.

Resort ini dibangun di lahan BOPDT seluas total 386,72 Ha. Pengembangannya bakal menyamai Kawasan Pariwisata Nusadua di Bali. Nantinya PT. Crystal Land Development akan segera memulai langkah dengan membangun glamorous camping (glamping) berbintang lima di salah satu lokasi di dalam Toba Caldera Resort.

Setidaknya ada enam investor yang ikut mengeroyok proyek tersebut. Mereka pun ikut hadir menyaksikan langsung groundbreaking yang dilakukan.

Enam investor yang hadir pada acara Groundbreaking tersebut yakni, Ilham Panjaitan dari PT Agung Concern, Wiraseno, PT ARCS House, Cristian Sentosa, PT Cristal Land Depelopment, Erwin Hutabarat, PT Gamaland Toba Properti, Dewi Subwanto, PT Indah Toba Mas, Junaidi, dan PT Heritage.

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya mengimbau seluruh investor agar melibatkan dan mengutamakan peran serta masyarakat sekitar, termasuk warga Sigapiton dalam proses pengembangannya.

 

Tiga menteri groundbreaking Toba Caldera Resort.

"Seperti masyarakat di Destinasi Pariwisata Niniwatu, masyarakat yang mensuplai bahan makanan sayur-mayur dan daging ke resort yang ada di sana," ungkapnya.

Luhut juga menghimbau kepada masyarakat Sigapiton agar menyampaikan langsung setiap permasalahan yang dihadapi.

"Ayo sama-sama bangun daerah untuk kesejahteraan bersama, dan meski ada masalah bisa dikoordinasikan secara baik-baik," sebutnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budikarya Sumadi menambahkan, nantinya resort tersebut akan didukung oleh Bandara Sibisa. Di mana bandara tersebut akan selesai dibangun pada akhir 2020 dan mampu menampung pesawat sejenis boeing. Anggaran pengembangannya senilai Rp70 milliar.

"Satu triliun anggaran Kementerian Perhubungan hingga tahun 2020 disalurkan untuk menata kawasan Danau Toba, termasuk pembangunan 12 unit dermaga di Ajibata, Muara, Simanindo, Tigaras, Parapat dan pengadaan dua unit Kapal Ihan Batak dua serta Kapal Roro Bus untuk keliling Danau Toba yang mampu membawa 500 orang," ungkap Budikarya.

Hadir dalam acara Groundbreaking pembangunan Toba Caldera Resort, Glamping Camp antara lain, Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Sekda Simalungun Gidion Purba, dan Bupati Humbang Hasundutan.

Peletakan Batu Pertama Toba Caldera Resort juga melibatkan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo yang dirangkai dengan penandatanganan prasasti oleh tiga menteri serta investor.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pelantikan Presiden, Ketua MPR Kumpulkan Kapolri hingga Mensesneg Siang Ini

Posted: 14 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengundang Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga Mensesneg Pratikno untuk membahas persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Minggu 20 Oktober 2019 mendatang.

"Hari ini jam 2 (14.00 WIB), kami mengundang saudara Panglima TNI dan Kapolri, Kepala BIN, Menlu, Mensesneg untuk melakukan koordinasi persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden hasil pemilu 2019 periode 2019-2024 termasuk kita mengundang KPU," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (15/10/2019).

Bamsoet menyatakan pihaknya akan berkoordinasi terkait keamanan jelang pelantikan di kawasan ring satu.

"Kami akan mendalami dan menanyakan tentang situasi keamanan baik di ring satu DPR RI maupun di sekelilingnya, maupun di seluruh tanah air," ucapnya.

Politikus Partai Golkar itu tidak ingin pelantikan kepala negara yang seharusnya berlangsung hikmat terganggu. Dia berharap, pelantikan presiden dan wakil presiden yang disiarkan secara langsung serta dihadiri tamu-tamu negara itu berjalan lancar dan hikmat.

Bamsoet menuturkan, koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan itu antara lain membahas mengenai potensi konflik atau gangguan menjelang dan selama pelantikan.

"Itu yang akan kita tanyakan kepada Panglima TNI masalah keamanan termasuk juga masalah ketertiban dengan Kapolri dan masalah intelijen terhadap berbagai informasi yang berpotensi mengganggu pelantikan presiden tersebut," ucapnya.

Bahas Makan Malam di Istana

Sementara koordinasi dengan Mensesneg terkait rencana makan malam bersama tamu negara usai pelantikan. Bamsoet berharap rangkaian acara bersejarah itu akan hikmat dan tidak terlau pernuh oleh massa.

"Masalah protokoler siapa menyampaikan apa, jam berapa, lalu selesai acara apakah ada inagurasi ucapan selamat dari bawah atau langsung dilanjutkan acara di Istana dengan jamuan dinner atau makan malam dengan para duta besar. Itu mungkin yang kita akan sampaikan. Saya berharap acara berlangsung hikmat dan berlangsung tertib dan lancar dan tidak crowded," ujar Bamsoet.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 30 Tahun Lagi Manusia Bisa Bertemu Alien N

Posted: 14 Oct 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Queloz adalah ilmuwan dari University Cambridge. Ia adalah ilmuwan yang dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pekan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kate Middleton Memukau dengan Pakaian Tradisional Kombinasi Saat Tiba di Pakistan

Posted: 14 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton dan Pangeran William tiba di Islamabad, Pakistan, dalam tur kerajaan selama lima hari. Mereka tiba menggunakan pesawat RAF Voyager. Pasangan itu tersenyum ketika disambut pejabat setempat dan Komisaris Tinggi Inggris untuk Pakistan, Thomas Drew.

Melansir Hello Magazine, Selasa (15/10/2019), Kate tampak anggun dalam turquoise shalwar kameez, kombinasi pakaian tradisional dan celana panjang. Pasangan itu adalah bangsawan pertama yang mengunjungi negara itu, setelah Pangeran Charles dan Camilla pada 2006.

Kate dikenal karena selera berpakaiannya yang apik dan pakaian pertama untuk tur kali ini tak mengecewakan. Ia memadukan gaun dan celana panjang Catherine Walker dan sepatu hak tinggi Rupert Sanderson, clutch, dan sepasang anting yang berkilauan. Dikutip dari akun Instagram @katemiddleton, anting-anting itu diketahui dari brand Zeen yang harganya hanya 10 dolar AS atau sekitar Rp141 ribu.

Dari segi kecantikan, rambut ibu dari tiga anak ini ditata sempurna dalam gaya khas Chelsea. Ia memilih tampilan kecantikan klasik dari eyeshadow smokey, sapuan eyeliner dan bulu mata penuh, bersama dengan sentuhan pipi dan bibir merah muda.

Pangeran William dan Kate Middleton terbang ke Pakistan didampingi sebuah tim yang terdiri dari 14 orang, termasuk sekretaris pribadi mereka Simon Case dan Catherine Quinn dan sekretaris komunikasi Christian Jones. Empat anggota tim komunikasi lainnya, dua asisten sekretaris pribadi, dua koordinator program, seorang PA, seorang tertib dan seorang penata rambut.

 

1.000 Polisi

Kate Middleton dan Pangeran William saat mengunjungi Aga Khan Centre di London, Inggris. (Jeff Spicer / AFP)

Tur kerajaan Pangeran William dan Kate Middleton selama lima hari di Pakistan dijaga secara ketat. Melansir dari Mirror, tak kurang dari 1.000 aparat kepolisian Pakistan akan menjaga mereka selama kunjungan tersebut.

Kunjungan William dan Kate akan menyoroti eratnya hubungan budaya kedua negara karena lebih dari 1,5 juta orang Inggris memiliki darah Pakistan.

Selama di sana, mereka akan mengunjungi Lahore, pegunungan di utara dan wilayah yang berbatasan dengan Afghanistan. Namun, lokasi pastinya tak diumumkan ke publik karena alasan keamanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Porsche Macan Listrik Meluncur 2021, Intip Bocorannya

Posted: 14 Oct 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Porsche Macan dipastikan akan mendapatkan opsi full electric. SUV Jerman yang namanya terinspirasi hewan di Indonesia ini rencananya meluncur pada 2021.

Wujud berbeda lantaran penggunaan arsitektur Premium Platform Electric (PPE) terbaru milik Volkswagen Group. Inilah basis yang dikembangkan Porsche bersama Audi (merek group Volkswagen), dan sudah diaplikasi pada Taycan. Platform itu memiliki fleksibilitas baik, dapat diterapkan untuk konsep sedan GT atau SUV high-end. Menurut Porsche Deputy Chairman, Lutz Meschke, seperti dilansir dari Autocar.co.uk (14/10), pengaplikasiannya dapat mengurangi ongkos pengembangan hingga 30 persen, dibandingkan membangun platform baru.

Rintangan terbesar dalam menghadirkan Macan elektrik diungkapkan Julian Baumann, Direktur Porsche SUV, terletak pada desain. Pasalnya, SUV itu mempunyai wujud yang tidak begitu aerodinamis. Bila bentuk seperti ini ditambahkan baterai 600 kg, tentunya berpengaruh pada performa. Beberapa solusinya, menurut Baumann, penerapan titik gravitasi yang rendah, serta hidung yang dibuat lebih landai dengan absennya mesin konvensional.

Meski begitu, ia tak bakal mengikuti gaya Taycan atau menjadi Coupe SUV. Porsche tetap mengusung konsep mobil harian yang fungsional, mampu mengangkut banyak barang dan lapang bagi penumpangnya. Kabarnya, dia menggendong sistem penggerak empat roda, berkat pemakaian motor listrik di tiap pasang roda.

"Desain dari Porsche Macan elektrik dengan mudah dikenali, meskipun struktur bodinya berbeda dari model sekarang. Selain itu, kami ingin mempertahankan DNA dari model sebelumnya," terang Julian.

 

Varian Terkencang

Versi paling bertenaga diperkirakan mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 699 Tk dan momen puntir 1.016 Nm. Beberapa pilihan nantinya tersedia. Dua yang paling galak dibubuhkan badge Turbo dan Turbo S, mirip seperti Taycan. Urusan pengendalian, Porsche menyematkan teknologi pengontrol elektronik terkini, yang dapat mengatur kinerja motor listrik dan roda. Hal itu membuatnya bisa melintasi medan offroad secara efektif dan andal.

Sebagai langkah awal, Macan elektrik disuguhkan bersama versi mesin pembakaran konvensional. Mengingat tak semua konsumen mau menerima, serta kesiapan tiap-tiap negara menyambut kendaraan ramah lingkungan bertenaga baterai. Ini artinya tak menutup kemungkinan mobil berbahan bakar fosil Porsche digantikan sepenuhnya dengan elektrifikasi.

"Cukup sulit untuk memastikan kapan transformasi ini selesai (mesin konvensional ke elektrifikasi). Prediksinya, 30 sampai 40 persen penjualan Porsche keseluruhan dalam 5 tahun mendatang merupakan model elektrik," ungkapnya.

Ke depannya Porsche punya visi menciptakan lithium-ion lebih efisien hingga 20-25 persen. Bahkan ada kemungkinan memproduksi baterai lebih kompak (setengah kali sumber daya saat ini) dengan kapasitas sama. Tapi rencana ini baru terealisasi pada lima sampai 7 tahun mendatang.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Pertanian Menilai Positif Upaya Prasarana dan Sarana dari Kementan

Posted: 14 Oct 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Upaya khusus padi, jagung dan kedelai atau yang lebih dikenal sebagai Upsus Pajale menjadi andalan pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian (Kementan), untuk meningkatkan produksi pangan. Untuk mendukung program tersebut, pemerintah memberikan berbagai bantuan ke petani.

Dari mulai perbaikan infrastruktur pertanian yakni irigasi, bantuan alat mesin pertanian (alsintan) hingga subsidi sarana produksi seperti pupuk dan pestisida. Gelontoran bantuan nilainya tidak kecil.

Data Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), sejak 2015-2019, jaringan irigasi yang telah terbangun yang dapat mengairi lahan sawah seluas 3,129 juta ha. Sedangkan irigasi perpompaan untuk mendukung produksi pangan telah dibangun sebanyak 2.358 unit. Sedangkan bangunan embung yang telah terbangun sebanyak 2.962 unit dengan estimasi luas layanan dari embung, dam parit, long storage seluas 25 ha.

Berbagai bantuan tersebut telah berdampak positif bagi petani. Terlihat dari hasil survei Mahasiwa Pertanian se-Indonesia dalam Ekspedisi Padi Nusantara.

Berdasarkan hasil survei dan evaluasi yang dilakukan mahasiswa pertanian seluruh Indonesia, sebagian besar petani merasa puas dengan akses pengairan untuk lahan sawah. Karena saluran irigasinya diperbaiki dan diatur pembagiannya.

Perwakilan mahasiswa pertanian seluruh Indonesia, Birawa Anindtya Witjaksana mengatakan respon petani merasa puas dengan perbaikan irigasi sebanyak 46 persen. Sisanya petani mengaku biasa saja, tidak setuju dan tidak menjawab.

"Kalau kami lihat dari sebagian besar petani sudah puas dengan adanya perbaikan irigasi. Begitu juga dengan pembuatan embung, sebagian besar petani puas dan merasa tepat sasaran," ungkapnya saat acara Konsolidasi Nasional Mahasiswa Peduli Pertanian Indonesia 2019 di Kementerian Pertanian, beberapa waktu lalu.

Adanya perbaikan pengairan, tentu ada dampak yang dialami. Berdasarkan hasil survey kondisi irigasi saat ini adalah dekat dengan sumber air, sepanjang tahun petani mendapatkan air dari sumur yang telah dibuat. Tidak hanya itu, petani tidak hanya mengandalkan air tadah hujan karena sudah adanya mesin pompa dan pipanisasi.

Dengan respon yang cukup positif dari petani, ada dua rekomendasi mahasiswa pertanian yang diberikan untuk Kementerian Pertanian. Pertama, mendorong pemerintah untuk menambah kuantitas cetak lahan irigasi, sehingga seluruh petani di Indonesia dapat merasakannya.

Kedua, lanjutnya, mendorong pemerintah meningkatkan kualitas cetak irigasi. Maksudnya adalah dari irigasi semi teknis menjadi irigasi teknis, sehingga dapat mengoptimalkan peningkatan produktivitas.

"Dengan ini tentu akan membantu petani dalam mengurangi kemungkinan gagal panen ketika musim kemarau," kata Birawa.

Untuk menggerakan pertanian modern, bantuan alsintan menjadi prioritas utama. Sudah banyak sekali pemerintah memberikan alsintan ke petani agar pekerjannya lebih mudah, menekan biaya produksi dan hasilnya meningkat.

Kementan hingga 2018 sudah mencapai 385.170 unit. Alsintan itu terdiri dari traktor roda dua, traktor roda empat, pompa air, rice transplanter, chopper, cultivator, excavator, hand sprayer, implemen alat tanam jagung dan alat tanam jagung semi manual.

Pada tahun 2015, Alsintan yang disalurkan sebanyak 54.083 unit. Tahun 2016 sebanyak 148.832 unit, tahun 2017 sebanyak 84.356 unit, dan tahun 2018 sebanyak 115.435 unit (per Oktober 2018). Total yang sudah diberikan sebanyak 385.170 unit. Alsintan tersebut telah diberikan kepada kelompok tani/gabungan kelompok tani, UPJA dan brigade alsintan.

Hasil survei Mahasiwa Pertanian se-Indonesia dalam Ekspedisi Padi Nusantara menunjukkan bahwa petani mendapatkan bantuan alsintan jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

"Walaupun respon petani terhadap bantuan alsintan ini sangat baik, ada rekomendasi dari kita agar kedepannya lebih baik," kata Birawa.

Menurutnya, pemerintah harus meningkatkan kuantitas dan kualitas alsintan yang disalurkan ke petani. Pemerintah juga harus memberikan bimbingan kepada petani terkait pengoperasiannya. Kemudian harus ada survei lapangan dahulu agar alsintan yang diberikan sesuai untuk daerahnya.

Dengan pemberian bantuan alsintan yang cukup besar tentu ada dampak positifnya. Bukan sebatas lebih efisien, hemat tenaga dan biaya, melainkan petani menjadi lebih mudah menemukan alsintan, sehingga dapat memudahkan kerjasama untuk saling pinjam antar petani.

Bukan hanya itu, di petani jadi ada usaha baru, yakni jasa peminjaman alat pertanian (Unit Pelayanan Jasa Alsintan/UPJA).

"Tetapi ini butuh ada bimbingan yang lebih intens dari penyuluh karena ada beberapa petani tidak bisa mengoperasikan. Selain itu, perlu adanya survei lapangan untuk pemberian bantuan agar tepat sasaran, wilayah dan waktu," saran Birawa.

 

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy meresmikan Warehouse UPJA Tani Karya Mandiri.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengapresiasi hasil survei mahasiswa itu. Dirinya menegaskan Pemerintah pasti mendengarkan semua masukan.

"Semua masukan posistif pasti kita dengarkan. Kementan hingga saat ini terus meningkatkan mekanisasi pertanian. Yang ditingkatkan tentu tidak hanya kuantitas saja, Tetapi juga kualitasnya," kata Sarwo Edhy.

Mekanisasi pertanian di Indonesia terus meningkat sejak lima tahun terakhir. Ke depan, mekanisasi pertanian akan terus didorong untuk meningkatkan efisiensi usaha tani serta meningkatkan gairah anak muda untuk terjun ke sektor pertanian.

Berdasarkan data Food and Agriculture Organisation (FAO), mekanisasi pertanian nasional hanya 0,04 horsepower (HP). Sementara pada tahun 2019, mekanisasi mencapai angka 2,15 HP. Semakin tinggi horsepower, maka semakin tinggi pula keterlibatan kerja sebuah mesin dalam kegiatan produksi, termasuk pertanian.

"Mekanisasi pertanian memberikan manfaat bagi kesejahteraan petani. Hal itu pula yang bakal menjadi daya tarik bagi generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian dan mengembangkan komoditas yang ada," tutur Sarwo Edhy.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: