Jumat, 18 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ninoy Karundeng Bantah Diobati Dokter Tersangka Penganiayaan

Posted: 18 Oct 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Jokowi, Ninoy Karundeng membantah pernyataan tersangka penculikan dan penganiayaan, dokter Insani Zulfah Hayati yang mengaku telah mengobatinya. Menurutnya, si dokter justru ikut serta mengintrogasi dirinya.

"Dokter Insani tidak betul kalau dia memberikan pengobatan pada saya, tidak ada sama sekali," kata Ninoy di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat 18 Oktober 2019 malam.

Ninoy menyebut, dirinya hanya diberikan obat mulut oleh seseorang. Sementara dokter Insani sama sekali tidak memberikan pengobatan hingga meninggalkan Masjid Al Falah.

"Saya diberi obat tetes oleh seseorang yang pakai gamis hitam, itu sejak awal saya dipukuli dialah yang memberikan obat tetes ke mulut saya yang berdarah-darah itu," ungkapnya.

"Ini saya dengar obat ini yang bikin namanya Bapak Endang ini dari keterangan ibu yang pakai hijab hitam. Ini tidak benar dokter Insani memberikan obat ke saya, justru yang kasih obat orang lain," sambungnya.

Alih-alih mengobati, lanjut Ninoy, dokter Insani justru memberikan nasihat.

"Saya pernah minta kalau jangan dibunuh itu sekitar pukul 20.00 WIB saat intorgasi pertama. 'Tolong saya dipulangkan' dia (Insani) mengatakan bukan wewenang saya. Dia bilang 'kamu jangan minta ke saya minta saja ke Allah untuk keselamatan," jelasnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Polisi Tetapkan 15 Tersangka

Menurut Ninoy, dokter Insani juga disebut mengerahkan massa untuk menggeledah barang-barang miliknya. bersama sang suami, dia memeriksa laptop dan handphone.

"Dia tidak ikut mukul tapi dia orang-orang yang memberikan intruksi, berikan perintah-perintah dan suaminya untuk membuka laptop, memberikan ke Fauzan dan tersangka lain dan juga melihat-lihat isi," Ninoy menandaskan.

Polisi sudah menetapkan 15 tersangka terkait kasus penganiayaan relawan Jokowi, Ninoy Karundeng. Mereka berinisial AA, ARS, YY, RF, Baros, S, TR, SU, ABK, IA, F, Bernard Abdul Jabbar, Jerri, dokter Insani dan R.

Kasus Ninoy berawal dari sekelompok orang yang berunjuk rasa di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat, Senin, 30 September 2019.

Mereka membawa paksa Ninoy Karundeng yang saat itu sedang mendokumentasikan pendemo terkena gas air mata.

Massa berkelompok itu lalu merampas telepon seluler dan membawa paksa Ninoy ke sebuah tempat di sekitar lokasi kejadian. Pelaku juga memeriksa foto dan dokumentasi telepon seluler Ninoy, bahkan diduga menganiaya relawan Jokowi tersebut.

Usai mengalami penganiayaan, para pelaku memulangkan Ninoy pada Selasa, 1 Oktober 2019. Atas penganiayaan yang dialaminya, korban melapor ke Polda Metro Jaya.

 

Sumber: Merdeka.com

Repoter: Nur Habibi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langsung Aktifkan AC Saat Mobil Baru Menyala, Boleh?

Posted: 18 Oct 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang ditinggal di luar ruangan dan terpapar sinar matahari dapat membuat suhu di dalam kendaraan meningkat. Karena itu, begitu masuk ke dalam mobil, suhu panas biasanya membuat pengendara merasa tidak nyaman sehingga segera menyalakan AC.

Namun, ternyata langsung menyalakan AC ketika masuk ke dalam mobil bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Dilansir Auto2000, kebiasaan ini dapat menimbulkan bahaya bagi pengendara dan penumpang mobil.

Saat mobil berada di bawah sinar matahari, beberapa komponen mobil seperti bahan pelapis jok, pengharum ruangan, dan lain sebagainya memiliki potensi untuk bereaksi. Reaksi tersebut menghasilkan beragam senyawa berbahaya, salah satunya adalah Benzena yang bersifat racun.

Menyalakan AC sesaat setelah masuk ke dalam mobil dapat membuat Benzena tersirkulasi bersamaan dengan udara AC sehingga bisa terhirup oleh pengendara dan penumpang.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Zat Benzena

Benzena sendiri memiliki beberapa dampak apabila terpapar dalam jumlah banyak. Sifatnya yang beracun dapat memengaruhi kerja ginjal dan hati, menyebabkan anemia serta penurunan jumlah sel darah putih. Selain itu Benzena juga memiliki potensi menimbulkan leukimia serta dapat mengakibatkan keguguran pada ibu hamil.

Menghirup Benzena juga dapat menyebabkan kantuk, pusing, dan mual sehingga bagi pengendara, hal ini dapat meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

Untuk itu, ada baiknya ketika akan memasuki mobil, pengendara membuka kaca terlebih dahulu dan menunggu sekitar 5 hingga 10 menit sebelum menyalakan AC.

Penulis: Khema Aryaputra

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Polisi Jaga Situasi Jawa Barat Jelang Pelantikan Presiden

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Beragam upaya yang dilakukan polisi untuk menjaga situasi di Jawa Barat tetap kondusif menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang. Di antaranya bersilaturahmi dengan para tokoh masyarakat, ulama dan pemerintah daerah.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Polda Jabar dan seluruh satuan wilayah turun semua melakukan tindakan kepolisian terkait mengantisipasi tindakan hukum.

"Kita telah dan sedang melakukan kegiatan imbangan dalam rangka pengamanan jelang pelantikan presiden wakil presiden. Yang kita utamakan kegiatan wujudnya preemtif dan preventif," ujar Trunoyudo, Sabtu (19/10/2018).

Trunoyudo menjelaskan, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan edukasi dalam bentuk silaturahmi yang dialogis kepada tokoh masyarakat, ulama dan pemerintah daerah untuk berpartisipasi aktif menjaga keamanan. Kegiatan tersebut telah berlangsung beberapa hari lalu.

Selain persuasif, lanjut Trunoyudo, Polda Jabar juga melaksanakan kegiatan yang sifatnya preventif jelang pelantikan presiden.

"Dalam kegiatan preventif, kegiatan rutin yang ditingkatkan wujudnya patroli. Patrolinya masih bersifat dialogis baik itu patroli mandiri dari kepolisian maupun skala besar dengan TNI," katanya.

Namun pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk melakukan penegakan hukum jika ada orang yang melakukan perbuatan melanggar hukum di wilayah Polda Jabar.

"Kalau kita ketahui ada dinamika situasi di wilayah Polda Jabar, tetap ada beberapa kegiatan rutin seperti kriminal, kita lakukan penindakan hukum," ucapnya.

Adapun sebagai bentuk antisipasi pengamanan jelang pelantikan presiden, pihaknya menyiagakan 17.793 personel gabungan.

"Yang kita libatkan 17.793 personel yang berada di wilayah hukum Polda dan Polres jajaran di jawa Barat, dikurangi Depok dan Bekasi. Termasuk 300 personel TNI di dalamnya," ujar Trunoyudo.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpikir Terlalu Keras Perpendek Usia?

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Studi terbaru mengungkap, aktivitas otak yang terlalu tinggi seiring bertambahnya umur dapat memperpendek usia. Temuan tersebut bertolak belakang dari apa yang selama ini dipercayai banyak orang, bahwa pikiran yang aktif di usia tua akan membantu otak tetap sehat dan sigap.

Hasil riset terbaru itu dimuat dalam jurnal Nature. Para peneliti menganalisis jaringan otak pascakematian. Mereka membandingkan jaringan otak para lansia yang berumur lebih dari 100 tahun dengan mereka yang meninggal di usia 60 dan 70-an tahun.

Tim peneliti dari Harvard Medical School, Amerila Serikat menemukan, dibandingkan mereka yang hidup lebih lama, mereka yang meninggal di usia lebih muda memiliki kadar protein yang menghentikan aktivitas otak lebih rendah. Menurut beberapa studi terdahulu ,jenis protein RE1-Silencing Transcription (REST) bisa melindungi seseorang dari penyakit Alzheimer.

Menurut profesor bidang genetika dan neurologi dari Harvard Bruce Yanker, temuan tersebut memiliki konsekuensi yang lebih luas terkait fisiologi dan harapan hidup.

 

Percobaan pada tikus dan cacing

Melansir laman New York Post, saat ini Yanker tengah meneliti bagaimana obat-obatan yang membidik protein bisa mengobati penyakit seperti Alzheimer atau penuaan itu sendiri. Tetapi, para ilmuwan masih belum tahu pasti bagaimana kaitannya dengan harapan hidup.

Guna lebih memahami keterkaitan itu, para peneliti menggunakan tikus dan cacing karena saat ini belum memungkinkan melakukan uji coba pengukuran REST pada manusia hidup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan Pelancar ASI Selain Katuk, Alternatif Kaya Nutrisi

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan pelancar ASI selain katuk bisa dijadikan pengganti atau alternatif lain untuk memberikan nutrisi pada bayi. Air Susu Ibu (ASI) merupakan makan terbaik untuk bayi. Meyusui merupakan cara yang paling sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Namun, sebagian ibu menyusui kerap mengalami kendala seperti ASI yang keluar hanya sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengonsumsi makanan pelancar ASI selain katuk.

Katuk memang sudah terkenal ampuh memperlancar ASI. Namun tak hanya katuk, ada makanan pelancar ASI selain katuk yang punya nutrisi baik untuk menjaga kualitas ASI.

Pasalnya, asupan nutrisi yang tepat merupakan hal yang sangat penting pada fase menyusui. Oleh sebab itu, para ibu menyusui membutuhkan juga asupan makanan yang mendukung.

Berikut ada beberapa makanan pelancar ASI selain katuk yang bisa Anda pilih untuk membantunya mengalir deras. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut makanan pelancar ASI selain katuk yang bisa dikonsumsi, Sabtu (19/10/2019).

Daun Katuk dan Sayur Bayam

Ilustrasi sayur bayam/copyright shutterstock

Daun Katuk untuk Memperlancar ASI

Daun katuk menyimpan banyak zat gizi penting seperti vitamin A, B, C, K, dan pro vitamin A (beta karoten), kalsium, fosfor, zat besi, dan serat yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon pelancar ASI.

Daun katuk dapat membantu kebutuhan mineral dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui. Untuk mengolahnya, Anda bisa memasaknya seperti sayur biasa atau dari suplemen ekstrak daun katuk.

Bayam

Makanan pelancar ASI selain katuk yang bisa dicoba adalah bayam. Bayam punya kandungan zat besi yang tinggi, berguna untuk memengaruhi pembuatan ASI. Ya, kekurangan zat besi pada ibu menyusi bisa memengaruhi rendahnya produksi ASI.

Oleh karena itu, jika Anda merasa produksi ASI sedikit, Anda disarankan untuk rajin mengonsumsi sayuran ini. Selain bayam, ada beberapa makanan dengan sumber zat besi seperti daging merah, kacang-kacangan, buncis, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Wortel dan Kacang Hijau

ilustrasi Resep Tumis Wortel Bawang Putih/copyright By Brent Hofacker from Shutterstock

Wortel

Wortel juga bisa Anda pilih sebagai makanan pelancar ASI selain katuk yang punya banyak gizi baik. Adanya kandungan vitamin A pada wortel berfungsi baik sebagai booster sekaligus meningkatkan kualitas ASI.

Anda bisa menyajikan wortel dengan cara direbus atau dikonsumsi sebagai jus. Konsumsilah wortel setidaknya satu kali dalam sehari agar produksi ASI Anda semakin lancar.

Kacang Hijau

Adanya kandungan vitamin B1, magnesium, zat besi, dan kalium pada kacang hijau bisa dijadikan sebagai alternatif lain untuk meningkatkan jumlah ASI. Seluruh zat gizi yang terdapat dalam kacang hijau tersebut sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui.

Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi 6-11 takar biji-bijian yang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral untuk mencegah konstipasi.

Pare dan Pepaya

Pepaya

Pare

Walaupun rasanya pahit, pare sangat bagus untuk membuat produksi ASI berlimpah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin K, antioksidan, dan fitokimia lutein di dalamnya yang dapat mengentalkan ASI sehingga membuat bayi cepat kenyang.

Pepaya

Selain sayuran, buah papaya bisa Anda jadikan alternatif lain untuk memperlancar ASI. Anda bisa menjadikannya camilan di tengah-tengah waktu senggang. Buah papaya yang mengandung galactagogue ini telah dikenal sebagai ASI booster atau pelancar ASI.

Selain dinikmati sebagai camilan dengan dipotong-potong, Anda juga bisa memasaknya sebagai menu kukus dan tumisan.

Selain buah papaya, Anda juga bisa memanfaatkan bunga papaya untuk memperlancar ASI. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim papain yang sangat berguna untuk mempercepat proses pencernaan protein.

Enzim papain ini juga mampu memecah protein Anda makan, terutama saat menyusi dibutuhkan sekitar dua kali lipat protein dibandingakan kebutuhan normal.

Ikan Salmon dan Telur

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Ikan Salmon

Varian makanan pelancar ASI selain katuk yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah ikan salmon. Pada ikan salmon punya protein tinggi yang mengandung asam lemak esensial dan omega 3. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu ibu menyusui menghasilkan ASI berlimpah.

Manfaat mengonsumsi ikan salmon pada ibu menyusui ini juga akan memberikan pengembangan sistem saraf untuk bayi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan DHA. Nah, untuk meningkatkan kadar DHA pada ASI ibu semakin tinggi, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon.

Tak perlu takut akan kandungan merkuri pada ikan ini. Pasalnya, salmon termasuk ikan laut dalam yang mengandung kadar merkuri rendah. Namun, Anda perlu membatasi jumlah konsumsi ikan salmon tidak lebih dari 12 ons atau setara dengan 2 porsi per minggunya.

Telur

Telur juga bisa Anda jadikan alternatif pengganti pelancar ASI secara alami. Telur juga mengandung DHA yang baik untuk Anda dan bayi guna memenuhi kebutahn protein hariannya. Anda bisa menjadikan telur sebagai menu sarapan pagi, siang, maupun makan malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kinerja Pasar Modal di Era Jokowi-JK, Melempem atau Meroket?

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui pasar modal Indonesia ikut serta merasakan adanya dampak ketidakpastian global, terutama dengan perlambatan ekonomi dunia yang saat ini tengah terjadi.

Kendati begitu, tahun ini justru BEI kebanjiran calon emiten baru yang bersiap melantai di bursa saham.

Emiten ialah sebutan bagi perusahaan terbuka yang secara resmi telah mencatatkan sahamnya di pasar modal. Adapun di tahun ini BEI menargetkan sebanyak 75 perusahaan akan melantai di bursa saham. Lantas apakah bakal tercapai?

Hingga Selasa 15 Oktober 2019, faktanya 41 perusahaan telah tercatat menawarkan saham perdananya atau initial public offering (IPO) di BEI.

Dengan ini, maka capaian perusahaan IPO di tahun 2019 akan lebih banyak dibanding tahun 2018 yakni sebanyak 55 perusahaan melantai di BEI.

Kenapa demikian? Direktur Penilaian BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan sudah ada sebanyak 31 perusahaan yang masuk pipeline (daftar) yang bakal melakukan IPO hingga akhir 2019.

Oleh karena itu, dipastikan sebanyak 71 perusahaan akan menjadi anggota baru yang melantai di BEI.

"Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan 30 masuk semua, harapan kita ke depan lebih dari pencapaian kita dari tahun kemarin. Mudah-mudahan bisa capai rekor," tutur dia.

 

Tertinggi Sejak 1992

Pengunjung melintasi layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebutan rekor oleh Nyoman tersebut tentu sangat beralasan. Sebab, untuk tahun 2018, BEI berhasil mencatat rekor jumlah perusahaan tertinggi sejak tahun 1992, dimana 55 perusahaan telah melantai di BEI.

Pihaknya pun optimistis bahwa target 75 perusahaan IPO akan terlampaui pada tahun ini. "Kita optimis jumlah perusahaan tercatat tahun ini akan menjadi rekor baru," ujarnya.

Untuk harapan di pemerintahan selanjutnya, Nyoman berharap akan semakin banyak perusahaan pelat merah melantai di pasar modal.

"Harapan kita tentunya, keberlanjutan dari perekonomiam kondusif saat ini bisa terus berlanjut dan kita juga harapkan ada perusahaan BUMN ataupun private company bisa memanfaatkan yang namanya pasar modal Indonesia," kata dia.

"Jadi, jika ada diversifikasi yang namanya dana bukan hanya dari perbankan, kita sudah ada pasar modal," tambahnya.

 

Daftar Perusahaan IPO

Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). Sejak pagi IHSG terjebak di zona merah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk informasi saja, berikut daftar perusahaan (pipeline) yang akan mencatatkan saham perdananya di BEI

1. PT Ifishdeco Tbk

2. PT Dana Brata Luhur Tbk

3. PT Itama Ranoraya Tbk

4. PT Gaya Abadi Sempurna Tbk

5. PT Alamanda Investama Tbk

6. PT Digital Mediatama Maxima Tbk.

7. PT Asia Sejahtera Mina Tbk

8. PT Singaraja Putra Tbk

9. PT Sinergi Inti Plastindo Tbk

10. PT Ginting Jaya Energi Tbk

11. PT Aneka Minera Indonesia Tbk

12. PT Palma Serasih Tbk

13. PT Mulia Boga Raya Tbk

14. PT Prima Globalindo Logistik Tbk

15. PT Cisadane Sawit Raya Tbk

16. PT Indo Bintang Mandiri Tbk

17. PT Repower Asia Indonesia Tbk

18. PT SAM Indonesia Tbk

19. PT Bank Amar Indonesia Tbk

20. PT Graha Belitung Utama Ybk

21. PT Harvest Time Tbk

22. PT Indonesia Fibreboard Industry Tbk

23. PT Lion Mentari Tbk

24. PT Jayant Perdana Indonesia Tbk

25. PT Austin Global Prima Tbk

26. PT Galva Technologies Tbk

27. PT Perintis Triniti Properti Tbk

28. PT Putra Mandiri Jembar Tbk

29. PT Putra Rajawali Kencana Tbk

30. PT Royalindo Investa Wijaya Tbk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unboxing Redmi Note 8, Smartphone Empat Kamera 48MP Rp 2 Jutaan

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Redmi Note 8 baru saja meluncur di Indonesia. Smartphone anyar ini hadir di pasar Tanah Air dengan harga mulai Rp 2.099.000 hingga Rp 2.899.000.

"Redmi Note 8 hadir dengan peningkatan yang menyeluruh dari seri sebelumnya. Redmi Note 7 memang produk yang apik, tapi Xiaomi membawanya ke tingkat yang lebih tinggi dengan Redmi Note 8," tutur Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk membongkar boks penjualan smartphone ini. Secara garis besar, paket penjualan Redmi Note 8 tak berbeda dari seri Redmi lainnya.

Redmi menyertakan aksesoris yang hampir pasti ada di perangkat lain, mulai dari charger hingga casing plastik. Tanpa berpanjang lebar, cek penampilan Redmi Note 8 berikut ini.

Cek Paket Penjualan Lengkap dari Redmi Note 8

Tampilan depan Redmi Note 8. Liputan6.com/Iskandar

Berikut ini deretan foto penampakan Redmi Note 8 beserta paket penjualan yang bakal tersedia mulai 23 Oktober 2019 pukul 09.00 WIB di Lazada, beberapa Mi Store dan Mi.Com.

Tampilan Redmi Note 8 dari Berbagai Sisi

Tampilan depan Redmi Note 8. Liputan6.com/Iskandar

Penasaran seperti apa penampilan Redmi Note 8 yang dipersenjatai chipset Snapdragon 665 dari seluruh sisi? Cek gambarnya berikut ini. 

Foto Selanjutnya

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Warga Israel Bermain di Kanal Mungil

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Tentara Israel berjaga-jaga saat warganya asyik bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). (AFP Photo/Menahem Kahana)

Tentara Israel berjaga-jaga saat warganya asyik bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). (AFP Photo/Menahem Kahana)

Seorang pria meluncur saat menikmati bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). (AFP Photo/Menahem Kahana)

Seorang pria meluncur saat menikmati bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). (AFP Photo/Menahem Kahana)

Anak-anak Israel bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). Festival Yahudi di Sukkot memperingati pengembaraan padang pasir alkitabiah orang Israel setelah eksodus mereka dari Mesir. (AFP Photo/Menahem Kahana)

Anak-anak Israel bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). Festival Yahudi di Sukkot memperingati pengembaraan padang pasir alkitabiah orang Israel setelah eksodus mereka dari Mesir. (AFP Photo/Menahem Kahana)

Tentara Israel berjaga-jaga saat warganya asyik bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). (AFP Photo/Menahem Kahana)

Tentara Israel berjaga-jaga saat warganya asyik bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). (AFP Photo/Menahem Kahana)

Tentara Israel berjaga-jaga saat warganya asyik bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). (AFP Photo/Menahem Kahana)

Tentara Israel berjaga-jaga saat warganya asyik bermain air di sebuah kanal kecil di Desa Al-Auja selama perayaan keagamaan Yahudi dalam Festival Sukkot di Tepi Barat (17/10/2019). (AFP Photo/Menahem Kahana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Pekan ke-8: Laga Seru Juventus Vs Bologna

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Kompetisi Liga Italia 2019-2020 kembali bergulir akhir pekan ini. Sebelumnya, kompetisi sempat libur dua pekan karena jeda internasional.

Liga Italia akan memasuki pekan kedelapan. Laga Lazio kontra Atalanta di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (19/20/2019), akan menjadi laga pembuka.

Laga lainnya Juventus menghadapi Bologna. Bermain di Allianz Stadium, Juventus berpeluang meraup tiga poin dan menjaga tren belum terkalahkan.

Jadwal Liga Italia lainnya mempertemukan Sassuolo melawan Inter Milan. Bermain tandang, Inter Milan tentu ingin bangkit setelah dikalahkan Juventus 1-2 pada pekan sebelumnya.

Inter Milan saat ini berada di peringkat kedua klasemen Liga Italia. Nerazzurri hanya terpaut satu poin dari Juventus yang masih berada di puncak klasemen.

Berikut jadwal lengkap Liga Italia pekan kedelapan di halaman berikutnya:

 

 

Jadwal Liga Italia

Serie A - Juventus Vs Bologna (Bola.com/Adreanus Titus)

Sabtu, 19 Oktober 2019

20.00 WIB, Lazio vs Atalanta

23.00 WIB, Napoli vs Hellas Verona

Minggu, 20 Oktober 2019

01.45 WIB, Juventus vs Bologna

17.30 WIB, Sassuolo vs Inter Milan

20.00 WIB, Cagliari vs SPAL

20.00 WIB, Sampdoria vs Roma

20.00 WIB, Udinese vs Torino

23.00 WIB, Parma vs Genoa

Jadwal Lainnya

Senin, 21 Oktober 2019

01.45 WIB, AC Milan vs Lecce

Selasa, 22 Oktober 2019

01.45 WIB, Brescia vs Fiorentina

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Medina Zein Polisikan Irwansyah, Zaskia Sungkar: Difitnah Itu Biasa...

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Irwansyah dilaporkan ke polisi oleh rekan bisnisnya, Medina Zein atas dugaan penggelapan dana perusahaan.Diketahui, Irwansyah adalah salah satu Komisaris PT Bandung Berkah Bersama, yang menaungi kue artis Bandung Makuta.

Sementara itu, Medina Zein adalah pemegang saham dari bisnis tersebut. Berdasarkan hasil audit, Medina Zein menemukan adanya aliran dana perusahaan ke rekening pribadi Irwansyah.

Terkait laporan Medina Zein terhadap Irwansyah, Zaskia Sungkar sebagai istri tak tinggal diam. Melalui Instagram, Zaskia Sungkar membicarakan soal fitnah.

"Dalam dunia yang penuh pura-pura, seseorang sibuk memisahkan kata dari dusta. Jika perkataan itu merupakan perak maka diam itu merupakan emas. Dikhianati, difitnah itu biasa," tulis Zaskia Sungkar.

Pembelajaran Hidup

(Liputan6.com/IG/zaskiasungkar15)

Masalah tersebut dianggap Zaskia Sungkar sebagai pembelajaran agar dirinya dan Irwansyah lebih dewasa lagi dalam menyikapi permasalahan. Ia pun sepenuhnya mendukung sang suami dalam masalah ini.

"Banyak belajar untuk lebih dewasa , memaafkan dan ikhlas dari kamu .. kl Aku selalu jadi team hore yg bikin kamu tersenyum aja setiap hari 🐛 .. time will tell baby InsyaAllah 🤗>," tulis Zaskia Sungkar.

Dukungan Shireen Sungkar

(Liputan6.com/IG/zaskiasungkar15)

Shireen Sungkar ikut berkomentar dalam unggahan sang kakak. Selain menyemangati, Shireen Sungkar menganggap ini adalah cobaan buat Zaskia Sungkar.

"Ya sabar sis smoga ada jalan terbaik ,dimaki di fitnah di ledekin gak punya anak ,dibilang segala macem dibilang pasti mati karir kalian dll yaudh diemin aja ,kalo memang tujuannya tercapai yaudh ujian buat kamu smoga ada rizky dipintu lain," tulis Shireen Sungkar.

Kata Irwansyah

Irwansyah dan Zaskia Sungkar (Instagram)

Irwansyah tak mau ketinggalan mengomentari unggahan istrinya. Ia mengaku senang selalu mendapatkan dukungan penuh dari sang istri tercinta.

"Team hore yg selalu bikin aku tersenyum itu yg sangat berharga buat aku syg 😘😘😘, semoga Allah selalu melindungin kita amiiiin Allahumma amiiin," tulis Irwansyah.

Komentar Warganet

Irwansyah dan Zaskia Sungkar (Liputan6.com/IG/@irwansyah_15)

Warganet tak mau ketinggalan mengomentari unggahan Zaskia SUngkar. Mereka ikut menyemangati dan mendoakan permasalahan yang tengah dialami oleh Irwansyah.

"Yang sabaarr yah sister shalihah .. Smg semakin diangkat derajat km dimata Allah aamiin 🙏😇❤," tulis akun @rianilibra

"Yang sabar ya kak semoga ada jalan terbaik, dan allah ga tidur kak pasti akan menjawab semua doa2 kalian .. semoga Allah selalu melindungin kalian berdua ya❣️ amiiin YaAllah, harus semangat ya kak dan harus lebih kuat lagi ya, karna banyak yang syg sama kakia ❣️❣️," tulis akun @sucirachmadhanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mural Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Posted: 18 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Kampung Gremet Solo membuat mural Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capaian 5 Tahun, Menristekdikti Ungkap Upaya Perbaiki Birokrasi dan Layanan Online

Posted: 18 Oct 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan pengalamannya ketika pertama kali menjabat sebagai menteri.

Menurutnya, dua hal utama yang dia targetkan adalah memperbaiki sistem birokrasi dan layanan online. Yakni dengan meningkatkan akuntabilitas anggaran dan efisiensi layanan masyarakat melalui sistem online.

"Kita lihat dari sistem birokrasi yang ada di Kemenristekdikti, dulu kita di Kemenristekdikti mengurusi birokrasi itu saya ditugasi untuk menggabungkan Kementerian Riset dan Teknologi dan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ucap Nasir di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (18/10/2019).

Kemenristekdikti pun berhasil mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di bawah pimpinannya, sebelum tadinya menyandang predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP)

Setelah mendapat opini WTP, Nasir kemudian fokus memangkas waktu dan biaya tidak langsung dalam pelayanan penyetaraan ijazah luar negeri bagi lulusan yang ingin kembali ke Indonesia.

"Dalam hal untuk mengurus penyetaraan ijazah bagi teman atau saudara kita yang sudah studi lanjut di luar negeri, dulu pulang untuk penyetaraan ijazah, mereka harus datang ke Kemenristekdikti di Jakarta, habis uangnya. Tapi untuk hal ini saya minta lakukan online melalui PINTU, yaitu Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu. Ini sekarang bisa online dengan cepat," jelasnya.

Perbaikan layanan online ini juga diterapkan untuk pendaftaran guru besar atau profesor.

"Apa yang perlu diperbaiki? (Solusinya) dari online saja. Alhamdulillah berhasil di tahun 2016. Dengan sistem online kita lakukan, maka pengurusan guru besar dan lektor kepala cukup waktu maksimum 45 hari dari 2 tahun selama ini tidak selesai. Alhamdulillah ini perubahan yang begitu cepat," ucap Nasir.

Jumlah publikasi ilmiah Indonesia pun sudah mencapai peringkat pertama di ASEAN pada 2018. Yakni dengan jumlah 34.415 publikasi, mengalahkan Malaysia yang memiliki 33.419 publikasi karya ilmiah dan Singapura sebanyak 22.741.

Selain itu, pada 2017 Indonesia sudah mencapai peringkat pertama jumlah paten di ASEAN, yakni dengan jumlah sebanyak 2.271 paten. Pada 2018, Indonesia masih menjadi negara dengan paten tertinggi di ASEAN dengan jumlah paten sebanyak 2.841.

 

Tingkatkan Omset Dalam Negeri

Menristek Dikti, Muhammad Nasir menyampaikan paparan dalam diskusi Forum Medan Merdeka Barat (FMB) di Jakarta, Senin (23/10). Beberapa kementerian memberikan presentasi pencapaian kerja 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain inovasi dari perguruan tinggi, Kemenristekdikti juga turut mendorong masyarakat menggerakkan ekonomi Indonesia berlandaskan inovasi melalui program Calon Perusahaan Pemul Berbasis Teknologi (CPPBT) dan Perusahaan Pemul Berbasis Teknologi (PPBT).

Diharapkan PPBT yang sudah mature dengan omzet di atas satu miliar Rupiah dapat mempertahankan ekonomi Indonesia di tengah persaingan.

"Saya ingin meningkatkan produk inovasi dalam negeri. Kalai produk inovasi dalam negeri bisa meningkat, maka ekonomi Indonesia secara kompetitif akan semakin bersaing, tangguh dalam persaingan," tutur Nasir.

Jumlah PPBT yang sudah mencapai omzet satu miliar setiap tahun berlipat ganda. Pada 2018, sudah ada 30 perusahaan yang produknya laris di masyarakat dan beromzet di atas satu miliar rupiah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Shopee Liga 1 2019: Tira Persikabo vs Bhayangkara di Indosiar

Posted: 18 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indosiar bakal menyiarkan pertandingan antara Tira Persikabo melawan Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (19/10/2019) pada pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019

Tira Persikabo dalam situasi tak ideal pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Pasukan Rahmad Darmawan belum lagi mampu meraih kemenangan pada tujuh laga terakhir, rinciannya adalah empat kali imbang dan tiga kali kalah.

Rentetan hasil negatif itu membuat Tira Persikabo tergelincir dari puncak klasemen. Klub yang bermarkas di Stadion Pakansari itu kini mengumpulkan 36 poin.

Sementara itu, Bhayangkara FC tentu tak ingin membuang-buang poin lagi. Apalagi laga ini akan krusial karena pada pertemuan sebelumnya di putaran pertama hanya berakhir dengan skor imbang 1-1.

Bhayangkara FC saat ini berada di papan tengah dan hanya mengumpulkan 24 poin dari 22 laga yang sudah dimainkan. Kemenangan atas Tira Persikabo menjadi harga mati untuk bisa memperbaiki peringkat dan margin poin dari tim di atasnya pada tabel klasemen Shopee Liga 1 2019.

Duel seru antara Tira Persikabo vs Bhayangkara di Shopee Liga 1 2019 bisa Anda saksikan mulai pukul 18.30 WIB. Link live streaming bisa dilihat di halaman selanjutnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan live streaming Indosiar antara Tira Persikabo vs Bhayangkara silahkan klik di sini...

 

Prediksi Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper), Rifad Marasabessy, Abduh Lestaluhu, Andy Setyo, Vava Mario(belakang), Louise Parfait, Roni Sugeng (tengah), Ciro Alves, Loris Arnaud, Osas Saha (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Bhayangkara FC (4-3-3): Wawan Tri Nugroho (kiper), Alsan Sanda, Anderson Salles, Jajang Mulyana, Muhammad Rochman (belakang), Teuku Ichsan, Lee Yoo-Joon, Setyano (tengah), Nur Iskandar, Bruno Matos, Dendy Sulistyawan. (depan)

Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan di Masjid Afghanistan Picu Atap Runtuh, 62 Jemaah Salat Jumat Tewas

Posted: 18 Oct 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Nangarhar - Sebuah bom meledak saat salat Jumat pada 18 Oktober 2019 di sebuah masjid di Afghanistan. Menurut seorang juru bicara provinsi, setidaknya 62 orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam insiden tersebut. 

"Ledakan yang terjadi di bagian timur Provinsi Nangarhar itu sampai menghancurkan atap bangunan," kata saksi mata seperti dikutip dari BBC, Sabtu (19/10/2019).

Sejauh ini belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di masjid Afghanistan itu.

Ledakan itu terjadi sehari setelah PBB mengatakan jumlah kematian warga sipil di negara yang dilanda perang telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya selama musim panas.

Menurut PBB, 1.174 warga sipil di Afghanistan tewas antara Juli dan September, kuartal paling mematikan sejak catatan PBB dimulai satu dekade lalu.

Sementara itu, sebuah studi BBC yang mendokumentasikan setiap pembunuhan selama bulan Agustus, menemukan seperlima dari semua yang kehilangan nyawa adalah warga sipil.

 

Korban Jemaah Salat Jumat

Ilustrasi Jenazah (iStockphoto)

Juru bicara gubernur Provinsi Nangarhar Attaullah Khogyani, mengatakan kepada BBC bahwa 62 orang yang tewas dan 36 lainnya cedera dalam serangan hari Jumat di sebuah masjid Afghanistan adalah para jemaah.

Masjid yang jadi target ledakan itu terletak di Distrik Haska Mina, sekitar 50 km (30 mil) dari ibu kota Provinsi Jalalabad.

Saksi mata melaporkan mendengar ledakan keras, sebelum atap masjid ambruk. Menurut Tolo News, sejumlah bahan peledak diyakini telah digunakan.

"Itu adalah pemandangan memilukan yang saya saksikan dengan mata saya," kata tetua suku Malik Mohammadi Gul Shinwari.

Petugas kepolisian setempat, Tezab Khan mengatakan dia bisa mendengar suara khotbah Mullah (ulama) tetapi "tiba-tiba suaranya dibungkam dengan ledakan".

"Ketika saya tiba di tempat kejadian, orang-orang tengah berusaha mengeluarkan sejumlah jenazah dan orang-orang yang terluka akibat terjebak di bawah reruntuhan atap," tambahnya.

Sohrab Qaderi, seorang anggota dewan provinsi di Nangarhar, memperingatkan jumlah korban kemungkinan akan meningkat. Sebab proses evakuasi dan penyelamatan korban masih berlangsung.

Sejauh ini belum diketahui pasti siapa yang melakukan serangan itu. Taliban membantah mereka berada di balik pemboman itu.

Kendati demikian, militan Taliban dan kelompok ISIS diketahui aktif di daerah itu.

Hampir Setiap Hari Ada Korban

Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Menurut PBB, pasukan anti-pemerintah bertanggung jawab atas sebagian besar kematian warga sipil sejak awal 2019, karena lonjakan kekerasan selama musim panas.

Data korban berubah dari enam bulan pertama tahun ini, ketika pasukan Afghanistan dan AS membunuh lebih banyak warga sipil.

Menurut data PBB yang dirilis pada Kamis 18 Oktober, 41% dari semua korban tewas sejak Januari adalah perempuan dan anak-anak.

Penelitian BBC - yang menggunakan metodologi berbeda dari PBB - menemukan bahwa pada bulan Agustus, selalu ada yang terbunuh karena konflik. Korban termasuk militan, tentara, dan warga sipil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Momen Perpisahan Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja

Posted: 18 Oct 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla (JK) akan berakhir segera mendatang. Jokowi tetap melanjutkan kepemimpinannya bersama Wapres terpilih Ma'ruf Amin, sementara JK purna tugas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Chelsea Akui Masih Minta Saran dari Mourinho

Posted: 18 Oct 2019 09:35 PM PDT

London - Frank Lampard mengaku masih punya hubungan spesial dengan eks manajer Chelsea, Jose Mourinho. Padahal selama ini Mourinho sering mengkritik permainan The Blues.

Saat itu, Mourinho berstatus sebagai komentator untuk laga antara Manchester United dan Chelsea. Ia menilai Lampard telah membuat beberapa kesalahan yang membuat Chelsea meraih hasil negatif.

Namun, Lampard menghargai komentar Mourinhho. Ia mengatakan kalau masukan dari Mourinho sangat berarti baginya dan Chelsea.

"Saya masih sering bertukar pesan dengan Jose Mourinho. Kami masih berhubungan baik hingga sekrang. Tidak ada masalah apa pun antara kami berdua," ujar Lampard.

"Saat pertandingan melawan Manchester United, Mourinho cukup banyak mengkritisi saya dan saya bisa menerima itu," ungkap manajer Chelsea tersebut.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Tugas Komentator

Manajer Manchester United, Jose Mourinho. (AFP/Paul Ellis)

Frank Lampard bisa memaklumi kalau Jose Mourinho membuat kritikan yang jujur karena ia sedang menjalani tugasnya sebagai komentator. Lampard pun mengaku pernah berada di posisi yang sama dengan Mourinho.

"Beberapa tahun yang lalu saya juga duduk menjadi pandit dan saya memahami bahwa ia hanya melakukan tanggung jawabnya. Saya tidak mempermasalahkan itu dan saya tetap memiliki hubungan yang baik dengannya." ujar Lampard.

Sejak dikritik Mourinho, ada peningkatan performa yang ditunjukkan skuat Chelsea. The Blues mulai bermain dengan apik sehingga mereka kini menempati peringkat kelima pada klasemen sementara Premier League.

Disadur dari: Bola.com (penulis Aditya W, editor Aning J, published 19/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Kasus Suami Aniaya Istri hingga Bobol Brankas Perusahaan

Posted: 18 Oct 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini ada sejumlah kasus kriminal yang diungkap di Surabaya dan wilayah lainnya di Jawa Timur. Kasus kriminal mulai dari kasus narkoba, judi, pembunuhan, kekerasan dalam rumah tangga, penipuan dan rencana tawuran geng remaja di Surabaya, Jawa Timur.

Mengawali pekan ini, Polres Lamongan, Jawa Timur menangkap pelaku yang terlibat penggandaan uang. Para pelaku diamankan bersama barang bukti, ratusan juta uang palsu dan printer yang digunakan mencetak uang palsu.

Selain itu, kasus rencana tawuran geng remaja antara geng All Star dan geng Jawara menyita perhatian. Usai menggagalkan rencana tawuran dua geng remaja tersebut, polisi juga memburu pemasok senjata tajam ke geng All Star.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran menuturkan, penggerebekan yang dilakukan pihaknya tersebut bermula ketika mendapat informasi ada ajakan untuk menyerang markas geng Kampung Jawara di Simo Pomahan, Sukomanunggal, Surabaya.

Alhasil dalam penggerebekan tersebut pihak Polrestabes turut mengamankan belasan remaja yang diketahui dari patroli siber, menerima ajakan membuat senjata tajam yang hendak digunakan untuk menyerang markas geng Kampung Jawara. 

Tak hanya itu, kasus kekerasan dalam rumah tangga menyedot perhatian. Suami tega membakar istrinya di Surabaya. Kekerasan yang dilakukan suami terhadap istrinya tersebut membuat luka bakar dan suami sempat kabur. Polisi pun berhasil menangkap pelaku yang juga suami korban di Rembang, Jawa Tengah.

Ingin tahu berita kriminal lainnya yang diungkap pekan ini? Berikut berita kriminal pada pekan ini dirangkum pada Sabtu, (19/10/2019):

1.Komplotan Pengganda Uang Palsu di Lamongan Terancam 10 Tahun Penjara

Tujuh pelaku yang terlibat penggandaan uang ini, ditangkap aparat Reskrim Polres Lamongan, Jawa Timur. Para pelaku diamankan bersama barang bukti, ratusan juta uang palsu dan printer yang di gunakan mencetak uang palsu.

Dalam aksinya para pelaku mempunyai peran masing-masing. Ada yang berpura-pura menjadi dukun pengganda uang palsu. Ada yang mencari sasaran korban, dan yang bertugas mencetak uang palsu. Para pelaku ditangkap Polisi di salah satu rumah di Kecamatan Ngimbang, Lamongan.

Kasus ini terungkap, berkat informasi dari warga, tentang adanya praktek penggandaan uang. Modusnya korban harus menyetor uang asli senilai Rp 8 juta, selanjutnya oleh pelaku digandakan menjadi ratusan juta rupiah, dengan cara ditutupi kain putih.

Berita selengkapnya baca di sini

Gerebek Judi hingga Bobol Brankas

Ilustrasi Penangkapan. IOL

2.Resahkan Warga, Polsek Wiyung Surabaya Gerebek Judi Sabung Ayam

Arena judi sabung ayam di perkampungan Wiyung Surabaya, digerebek anggota Polsek Wiyung. tujuh pelaku judi sabung ayam berhasil ditangkap, dan belasan ekor ayam jantan aduan disita polisi. Pasca penggerebekan arena judi sabung ayam di tengah kampung itu, dibongkar polisi.

Penggerebekan itu sempat terekam video amatir. Polisi langsung bergerak, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat setempat, terkait adanya perjudian yang meresahkan warga.

Dari keterangan pihak kepolisian, saat penggerebekan arena judi sabung ayam ini, dipenuhi sekitar 100 orang pejudi, namun sebagian besar pejudi berhasil kabur, karena jumlah yang tak sebanding dengan jumlah anggota kepolisian yang melakukan penggerebekan ini. Berikut diberitakan program Fokus, 15 Oktober 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Polisi Amankan Suami Aniaya Istri Siri di Surabaya

Pelarian suami berinisial SW (63) yang menganiaya istri sirinya, Suharti dengan memukul berakhir di Jalan Sarangan Gang II nomor 11A, Malang, Jawa Timur.

"Pelaku diamankan setelah melarikan diri usai menganiaya istri sirinya tersebut, pada Sabtu 5 Oktober kemarin," tutur Kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Dimas Ferry Anuraga, Rabu (16/10/2019).

"Motifnya karena pelaku tersebut cemburu saat melihat istri sirinya pulang dari Kediri bersama laki lain," ia menambahkan.

Berita selengkapnya baca di sini

4.Polrestabes Surabaya Tangkap Pelaku Berkomentar Negatif di Medsos

Polrestabes Surabaya menangkap pria berinisial OAS (36) warga Sukolilo Surabaya, Jawa Timur lantaran terlibat dalam kasus dugaan ujaran kebencian, menghina simbol dan agama.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran menceritakan, tersangka OAS adalah mantan pacar AG, hubungan tersebut berlangsung sekitar Desember 2014 dan sekitar April 2016 hubungan tersebut berakhir.

"Hubungan mereka berdua berakhir dikarenakan tidak mendapat restu dari kedua orang tuanya," tutur dia, Selasa, 15 Oktober 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

5.Ketagihan Judi Online, Sopir di Surabaya Nekat Bobol Brankas Perusahaan

Ketagihan judi online, seorang pegawai perusahaan nekat membobol brankas perusahaan tempatnya bekerja. Pelaku berhasil ditangkap setelah hampir satu bulan menjadi buronan polisi. Uang hasil jarahan sebesar Rp 78 juta habis tak tersisa, setelah dipakai bermain judi online dan dibelanjakan kebutuhan pribadi.

Setelah kabur selama hampir satu bulan, IZ, warga Jalan Pucangan Surabaya, berhasil ditangkap polisi di sebuah rumah kos, kawasan Jalan Kalibokor Surabaya. Tersangka terbukti membobol brankas berisi uang Rp. 78 juta, milik PT Aero Sarana Persada di Jalan Mawar Surabaya. 

Berita selengkapnya baca di sini

6. Operasi Narkoba di Surabaya, Polisi Ciduk Anggota Satpol PP

Meski hampir tiap hari, pengguna narkoba diringkus polisi, tak menyurutkan orang mengkonsumsi barang haram itu. Di Surabaya, seorang anggota Satpol PP, ditangkap saat pesta sabu bersama temannya di sebuah rumah kos. Di lokasi lain, polisi juga membekuk pasangan bukan suami istri, yang kedapatan memakai sabu di sebuah kamar kos.

Dua tersangka itu berinisial DP (40) dan BA (39), keduanya warga Surabaya. Mereka diringkus Unit Reskrim Polsek Wonokromo Surabaya, lantaran nekat pesta sabu di sebuah rumah kos, di kawasan Dinoyo, Surabaya.

DP, salah satu pelaku yang juga anggota Satpol PP Kota Surabaya, mengaku membeli sabu dari seorang pengedar. Dirinya mengaku sudah beberapa kali menggunakan barang haram itu, bersama kawannya. Selain di penjara, DP terancam dipecat dari anggota Satpol PP. 

Berita selengkapnya baca di sini

7.Incar HP, Polisi Gadungan di Pasuruan Tipu Pasangan ABG

Tim Buser Polres Pasuruan Kota mengamankan polisi gadungan, yang sering memperdayai ABG pacaran di pelabuhan setempat. Untuk melancarkan aksinya, pelaku berpura-pura melakukan razia sambil mengancam, lalu merampas telepon genggam targetnya.

Berakhir sudah petualangan pelaku AN, sebagai polisi gadungan yang meresahkan warga di Kota Pasuruan. Bersama seorang temannya YS, ia akhirnya digelandang ke Mapolres Pasuruan Kota, karena laporan tindak pidana perampasan dan penadahan. Pemuda berbadan tegap dan berambut cepak ini, kerap menyaru sebagai anggota polisi yang sedang melakukan razia di pelabuhan Kota Pasuruan. Berikut video liputannya pada Fokus, 14 Oktober 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

Buru Pemasok Senjata Tajam

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

8.Polisi Buru Pemasok Senjata Tajam Geng All Star Surabaya

Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya, memburu pemasok Senjata Tajam (Sajam) ke geng All Star yang sebelumnya telah digerebek di markas mereka di Taman Mundu, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran menuturkan, penggerebekan yang dilakukan pihaknya tersebut bermula ketika mendapat informasi ada ajakan untuk menyerang markas geng Kampung Jawara di Simo Pomahan, Sukomanunggal, Surabaya.

Alhasil dalam penggerebekan tersebut pihak Polrestabes turut mengamankan belasan remaja yang diketahui dari patroli siber, menerima ajakan membuat senjata tajam yang hendak digunakan untuk menyerang markas geng Kampung Jawara. 

Berita selengkapnya baca di sini

9.Polisi Dalami Motif Kasus Suami Bakar Istri di Surabaya

 Seorang pria berinisial P (45) nekat membakar istrinya, Putri (19) di rumah kos kawasan Ketintang Baru, Surabaya, Selasa (15/10/2019). Anggota Polsek Gayungsari mendalami motif kasus ini dan langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Penjaga kos, Heri Suwandoyo bercerita, istri pelaku yang diketahui bernama Putri datang ke kamar kos suaminya yang berada di Jalan Ketintang Baru, Surabaya. Ia datang bersama ibunya, sekitar pukul 08.00 WIB.

"Istrinya enggak tidur di kos. Istrinya datang sama ibunya untuk menjelaskan cekcok yang sebelumnya. Tapi tiba-tiba sudah ada teriakan dari dalam kamar. Di situlah baru tahu kalau ada pembakaran," kata dia.

Berita selengkapnya baca di sini

10.Polres Trenggalek Gagalkan Penyelundupan 16 Ribu Benih Lobster ke Jakarta

Satreskrim Polres Trenggalek, berhasil menggagalkan penyelundupan bibit lobster, atau benur, yang akan dikirim ke Jakarta, dan rencananya dijual ke luar negeri. Polisi mengamankan barang bukti belasan ribu benur yang dikemas di dalam plastik. Berikut kita simak video liputannya pada Fokus, 17 Oktober 2019.

Polres Trenggalek menangkap dua tersangka yang hendak menyelundupkan bibit lobster ke Jakarta. Yakni BS dan KA, keduanya warga Trenggalek.

Berita selengkapnya baca di sini

11.Polrestabes Ungkap Kasus Pembunuhan di Surabaya

Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya mengungkap kasus pembunuhan seseorang yang sebelumnya dilaporkan hilang dengan dugaan diculik.

Wakil Kepala Polrestabes Surabaya AKBP, Leonardus Simarmata menuturkan, korban bernama Bangkit Maknutu Sirait (32), warga Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pada 15 Oktober 2019, istrinya Mei Nuriawati (28) melayangkan laporan ke Polrestabes Surabaya, suaminya sudah lebih dari 24 jam tidak pulang ke rumah, dengan dugaan diculik.

Berita selengkapnya baca di sini

12. Polisi Tangkap 5 Pelaku Curanmor dan Penadahnya di Sampang

Aparat Polres Sampang, Madura Jawa Timur menangkap lima tersangka sindikat pencurian dan penadah sepeda motor. Para pelaku yang tertangkap merupakan hasil pengembangan. Setelah seorang pelaku terlebih dahulu ditangkap saat mencuri motor di masjid dan terekam kamera CCTV. 

Tertangkapnya lima tersangka kasus curanmor ini, karena salah satu tersangka berinisial AN kepergok mencuri sepeda motor di masjid di Kecamatan Torjun, Sampang.

Aksi tersangka sempat terekam CCTV dan langsung diviralkan oleh warga, hingga akhirnya AN ditangkap polisi. Dari hasil pengembangan penyelidikan, polisi menangkap empat anggota sindikat curanmor lainnya. Peran mereka ada yang sebagai pengintai sasaran, eksekusi di lokasi, dan penadah motor curian.

Berita selengkapnya baca di sini

13.Pasutri di Banyuwangi Nekat Mencuri di Rumah Tetangganya

Pasutri asal Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur. Nekat melakukan pencurian, di rumah tetangganya. Pengantin baru tersebut menyatroni rumah korbannya dengan cara mencongkel jendela dapur saat sedang sepi. Pelaku berhasil menggondol handphone, perhiasan, dan tabung gas elpiji.

Sepasang suami istri asal Kecamatan Muncar, Banyuwangi ini hanya bisa tertunduk lesu saat polisi menggiring mereka ke ruang penyidik Polsek Muncar. Pasutri yang baru dua bulan menikah ini, sang suami, DA dan istrinya, ED nekat membobol rumah tetangganya warga Desa Tembokrejo.

Berita selengkapnya baca di sini

 

 

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

14. Sindikat Aborsi di Malang Libatkan Oknum Mahasiswi Perguruan Tinggi

 Lima tersangka pengedar obat aborsi ini ditangkap aparat Kepolisian Resor Malang Kota. Mereka masing-masing berinisial; BL, AD, TR, TA dan ID, dari kelima tersangka ini BL dan AD masih berstatus mahasiswi sebuah Perguruan Tinggi di Malang, sementara tiga tersangka lain adalah pegawai apotik dan penjual nasi goreng. Berikut diberitakan program Fokus, 16 Oktober 2019.

Dalam kasus ini ada 3 tersangka utama yakni TA, ID dan TR. TA dan ID berperan sebagai penjual obat aborsi, sedang TR bertugas memasok obat-obat tersebut kepada yang membutuhkannya.

Berita selengkapnya baca di sini

15.Polisi Ringkus Pemakai Sabu di Pasuruan

Tanpa kesulitan Satnarkoba Polres Pasuruan berhasil meringkus AR, pemuda asal Desa Kanigoro, Kecamatan Rembang, Pasuruan yang selama ini menjadi target operasi. AR terjepit di kabin kemudi, setelah mobilnya menabrak pohon di tepi jalan.

Sementara 2 teman AR berhasil kabur dengan memecah kaca belakang mobil, saat polisi mendatangi mobil yang menabrak pohon itu. Berikut diberitakan Fokus, 16 Oktober 2019.

Berita selengkapnya di sini

16. Ketagihan Judi Online, Sopir di Surabaya Nekat Bobol Brankas Perusahaan

Ketagihan judi online, seorang pegawai perusahaan nekat membobol brankas perusahaan tempatnya bekerja. Pelaku berhasil ditangkap setelah hampir satu bulan menjadi buronan polisi. Uang hasil jarahan sebesar Rp 78 juta habis tak tersisa, setelah dipakai bermain judi online dan dibelanjakan kebutuhan pribadi.

Setelah kabur selama hampir satu bulan, IZ, warga Jalan Pucangan Surabaya, berhasil ditangkap polisi di sebuah rumah kos, kawasan Jalan Kalibokor Surabaya. Tersangka terbukti membobol brankas berisi uang Rp. 78 juta, milik PT Aero Sarana Persada di Jalan Mawar Surabaya. 

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Curhatan Guru TK yang Pekerjaannya Diremehkan

Posted: 18 Oct 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi guru Taman Kanak-kanak (TK) bukanlah pekerjaan yang terbilang mudah, pekerjaan tersebut juga memiliki tanggung jawab seperti halnya guru pendidikan lainnya.

Baru-baru ini curhatan seorang guru TK menarik perhatian warganet, ia menceritakan bagaimana profesinya sebagai guru TK, yang kerap kali diremehkan oleh masyarakat.

Artikel tentang curhatan guru TK yang pekerjaannya diremehkan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang nenek buta huruf yang ditipu tetangganya sendiri.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang spanduk dengan bahasa Inggris yang ngaco.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pekerjaannya Diremehkan, Curhatan Guru TK Banjir Pujian Warganet

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Melalui akun Twitter @akuitudina, ia menuliskan pendapatnya mengenai profesinya yang bekerja sebagai guru TK. Ia berpendapat bahwa, masyarakat terlalu memandang remeh pekerjaan guru TK.

Padahal menurutnya, guru TK bukan hanya sekedar mengajari menyanyi, menggambar, mewarnai dan menulis. Tapi, guru TK juga berperan penting pada aspek perkembangan setiap anak didiknya.

Selengkapnya...

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2. Kisah Pilu Nenek Buta Huruf Ditipu Tetangga, Rumahnya Dibeli Seharga Rp 300 Ribu

Sumber: Tribunnews.com

Seorang nenek bernama Arpah, wanita berusia 69 tahun asal Depok, Jawa Barat ini harus berbesar hati mengikhlaskan rumahnya setelah ditipu oleh tetangganya sendiri. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2015 lalu.

Saat tahun 2015 silam, Arpah yang diketahui mengalami buta huruf ini tidak tahu jika rumah satu-satunya, dibeli oleh tetangganya dengan harga 300 ribu.

Selengkapnya...

3. Kelewat Ngaco, 7 Spanduk Berbahasa Inggris Ini Bikin Kita Gagal Paham

foto: 1cak

Tak hanya dalam percakapan, kita juga kerap melihat penulisan bahasa Inggris di tempat-tempat umum. Pasalnya, selain menunjang komunikasi penggunaan bahasa Inggris juga berguna dalam hal promosi.

Tak heran banyak orang yang mempromosikan barang dagangan atau jasa menggunakan bahasa Inggris. Sayangnya, tak sedikit yang terlihat ngaco dan justru bikin yang baca gagal paham.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peralatan Dapur Paling Laris di Laman Belanja Online

Posted: 18 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kuliner di Indonesia bisa dibilang semakin pesat perkembangannya. Semakin banyaknya kompetisi masak membuat peminat bidang kuliner bertambah. Tak sedikit yang rela belajar masak dan mengikuti tutorial video di internet.

Hal tersebut juga berdampak pada menjamurnya alat maupun bahan masakan yang semakin laku di pasaran. Begitu juga dengan penjualan di laman belanja online, permintaan makin bertambah terutama untuk sejumlah alat masak.

Hal itu diakui oleh Evelyn Yonathan, Category Director General Merchandise Lazada Indonesia dalam sebuah acara di Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.  Menurut Evelyn, di Lazada ada beberapa alat dapur yang termasuk paling laris. Apa saja?

1. Rice Cooker

Untuk kategori Home Appliances, nomor satu masih ditempati rice cooker atau alat memasak nasi. "Dari tahun ke tahun tetap juara ya karena kita makan nasi jadi paling banyak ya rice cooker. Dan satu rumah biasanya minimal punya dua," ungkap Evelyn.

Rice cooker yang paling banyak diburu masih dalam kategori ekonomis. Meski begitu, rice cooker multifungsi juga mulai banyak diminati.

"Penjualannya sebenarnya penjualannya merata. Tapi gelombang terbesar tetap datang dari yang ekonomis dengan satu fungsi saja. Tapi nggak menutup yang digital dan multifungsi untuk makin diminati," sambungnya.

2. Blender

Alat masak yang satu ini memang wajib dimiliki. Blender bisa untuk membuat jus atau mengolah makanan bayi. Ada juga blender untuk menghaluskan bumbu jadi tak perlu menghabiskan banyak waktu di dapur.

"Kalau sekarang ini lagi hype hidup sehat. Jadi orang banyak beli slow juicer untuk bikin jus detox setiap hari. Press juicer juga udah mulai. Tapi kalau di sini masih blender, karena orang sini sukanya yang multifungsi. Jadi mau blend masakan, bumbu, buah-buahan, semua jadi satu," terang Evelyn.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Food Storage

Model menunjukan produk peralatan rumah tangga dari bahan plastik di Jakarta, Kamis (9/3). Pertumbuhan market size untuk kategori pembelian produk beverage ware, food storage dan dinner ware sebesar 11,2 persen per tahun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Penyimpanan makanan berukuran kecil hingga sedang memang sangat penting. Apalagi jika ingin membuat food preparation, sehingga menyiapkan makanan jadi lebih praktis.

Jadi tak heran kalau produk ini juga sangat laris.  "Biasa akan ibu-ibu punya lebih dari satu food storage dengan beragam ukuran. Rasanya kurang terus dan pengen punya yang model terbaru padahal belum tentu dipakai semua, hehehe," tutur Evelyn.

Perkakas dapur lainnya yang juga banyak dibeli online adalah panci. Wajar saja karena alat ini masuk daftar wajib ada untuk di dapur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMP 2020 Naik, Pemerintah Diminta Tinjau Ulang PP Ketenagakerjaan

Posted: 18 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah perlu meninjau ulang Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 mengenai ketenagakerjaan yang mengatur mengenai besaran upah minimum.

Berdasarkan aturan tersebut, upah minimum dihitung melalui formula upah minimum tahun berjalan ditambah dengan hasil perkalian antara upah minimum tahun berjalan dengan penjumlahan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Dengan demikian, perubahan yang terjadi terhadap UMP pun bersifat progresif atau dengan kata lain dapat dikatakan meningkat. Hal ini juga cukup mempermudah perhitungan dikarenakan dapat diprediksi dari pola-pola laju pertumbuhan ekonomi maupun tingkat inflasi per bulan. Namun penghitungan upah lebih baik dilakukan dengan mengacu kepada Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan mengatakan, KHL adalah standar kebutuhan seorang pekerja lajang untuk dapat hidup layak secara fisik dalam satu bulan.

Penghitungan upah menggunakan standar KHL mengacu pada Undang-Undang (UU) nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jumlah komponen yang diperhitungkan di dalam KHL juga berbeda antara pemerintah dengan serikat buruh.

"Pemerintah dan serikat buruh perlu duduk bersama dan memikirkan skema mengenai upah minimum yang mengakomodir kepentingan pekerja. Di saat yang bersamaan, perlu dipikirkan juga dampak kenaikan upah minimum terhadap para pengusaha, terutama di saat ketidakpastian ekonomi global seperti saat ini," urai dia, dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/10).

 

UMP 2020 Naik 8,51 Persen

Besaran Kenaikan UMP 2017 yang Berbeda (Liputan6.com/Trie yas)

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah menetapkan kenaikan UMP dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 sebesar 8,51 persen.

Sedangkan untuk besaran UMP tahun 2020 akan ditetapkan dan diumumkan oleh masing-masing Gubernur pada tanggal 1 November 2019 dan untuk UMK diumumkan paling lambat pada 21 November 2019.

Laju inflasi sepanjang tahun 2019 ini cukup terkendali dengan rentang 2,48 persen sampai 3,49 persen. Angka inflasi terendah tersebut terjadi pada bulan Maret 2019. Sedangkan untuk yang tertinggi di bulan Agustus 2019.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, inflasi Indonesia pada bulan September berada di angka 3,39 persen atau lebih rendah 10 basis poin dari bulan Agustus yang sejauh ini masih tercatat sebagai bulan dengan laju inflasi tertinggi di tahun ini.

"Walaupun demikian angka ini masih masuk dalam koridor target inflasi yang ditetapkan oleh pemerintah bersama dengan Bank Indonesia."

 

Pertumbuhan Ekonomi Tak Sesuai Target

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejalan dengan hal itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih jauh dari yang ditargetkan oleh pemerintah di angka 5,3 persen seperti yang tertera di dalam APBN 2019.

Pertumbuhan ekonomi saat ini masih berada di level 5,12 persen. Bahkan untuk semester kedua di tahun ini targetnya diturunkan menjadi 5,2 persen dengan turut mempertimbangkan perlambatan yang terjadi di kondisi perekonomian global maupun regional.

"Kenaikan ini tentu akan disambut baik oleh para pekerja, namun akan menjadi tantangan bagi perusahaan-perusahaan yang saat ini tengah dihadapkan pada dampak dari perlambatan ekonomi global," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Live Streaming Road To IEL Bandung 19 Oktober 2019

Posted: 18 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pecinta eSports di Indonesia akan mendapat suguhan yang menarik, pasalnya terdapat peluncuran event bergengsi, IEL University Super Series 2020. 

Kali ini Road to IEL University Super Series 2020 diselenggarakan di Kota Bandung, pada tanggal 19-20 Oktober 2019. Liga eSports ini bakal mempertandingkan dua gim, yaitu Dota 2 dan Free Fire Competition.

Bintang tamu spesial kali ini menghadirkan Nixia sebagai Pro Gamer dan Coki, Muslim dari MLI (Majelis Lucu Indonesia).

Saksikan Live Streaming ROAD TO IEL BANDUNG hari pertama pada, Sabtu 19 Oktober 2019 pukul 13.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Medina Zein, Sosok di Balik Bisnis Kue Artis yang Kini Polisikan Irwansyah

Posted: 18 Oct 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Medina Zein tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya pengusaha sekaligus selebgram tersebut melayangkan gugatan terhadap Irwansyah terkait dugaan penggelapan aliran dana perusahaan.

Medina Zein melaporkan suami Zaskia Sungkar ke Polrestabes Bandung pada, Jumat (18/10/2019) kemarin. Dalam laporannya Medina Zein menduga adanya aliran dana perusahaan, PT Bandung Berkah Bersama ke rekening pribadi Irwansyah. Pada gugatan tersebut, Irwansyah pun disangkakan pasal 372 dan 374 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Medina Zein sebelumnya melakukan penelusuran aliran dana perusahaan dari rekening koran Irwansyah selama tahun 2017-2019. Bahkan, suami sekaligus pengacara Medina Zein, Lukman Azhari mengungkapkan jika terdapat aliran dana hampir Rp 2 Miliar ke rekening Irwansyah.

"Ditemukan aliran dana ke rekening pribadi yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan. Ditaksir aliran dana temuan awal ini hampir 2 miliar rupiah yang diduga mengalir ke rekening Irwansyah dan perusahaan J Corps (Jannah Corps) milik Irwansyah. Itu tidak ada kaitannya dengan perusahaan PT Bandung Berkah Bersama," ujar Lukman Azhari saat ditemui di Kebayoran Baru, jakarta Selatan pada Jumat (18/10/2019).

Begitu kasus ini mencuat, tak sedikit orang yang penasaran mengenai sosok Medina tersebut. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/10/2019) ini fakta sosok Medina Zein, pengusaha sekaligus selebgram yang menggugat Irwansyah.

1. Berasal dari keluarga yang bergerak di bidang kesehatan

Medina Zein (Sumber: Instagram/medinazein)

Sosok Medina Zein yang dikenal sebagai pengusaha dan selebgram rupanya berasal dari keluarga yang bekerja di bidang kesehatan. Bahkan, Medina Zein sendiri merupakan lulusan dari Akademi Kebinanan Stikes Budi Luhur, Bandung, Jawa Barat.

Meski lulus dari jurusan kebidanan, nyatanya Medina Zein lebih tertarik pada dunia kecantikan. Ia pun mulai menggeluti minatnya di dunia kecantikan dengan memulai sebuah usaha klinik kecantikan.

2. Menikah dengan adik Ayu Azhari

Medina Zein (Sumber: Instagram/medinazein)

Nama Mediana Zein mulai dikenal luas setelah menikah dengan adik aktris Ayu Azhari, Lukman Azhari pada 2017 lalu. Sebelumnya, Medina Zein pernah menikah muda pada usia 19 tahun dan sempat menjadi orangtua tunggal sebelum dipinang oleh Lukman Azhari.

Wanita kelahiran 23 Mei 1992 ini juga mengadakan sebuah pernikahan mewah di Hotel Fairmont. Tentu saja pernikahan Medina dan Lukman menjadi sorotan netizen karena hal tersebut.

3. Buka bisnis kecantikan

Medina Zein (Sumber: Instagram/medinazein)

Sosok Median Zein cukup dikenal luas oleh publik sebagai salah satu pengusaha muda sukses. Ia mulai merintis usaha pada 2012 lalu dengan membuat sebuah klinik kecantikan kecil. Namun, klinik tersebut saat ini telah berganti nama menjadi MD Clinic.

Tak hanya membuka sebuah klinik kecantikan saja. Akan tetapi wanita 27 tahun ini juga membuat produk kecantikan bernama Lazeta. Usaha kecantikan milik Medina Zein ini berada dalam PT Medina Global Care.

4. Punya bisnis fashion, Tour & Travel hingga kue kekinian

Medina Zein (Sumber: Instagram/medinazein)

Mulai dari merintis usaha di bidang kecantikan. Medina juga membuka usaha di bidang fashion. Ia bahkan membuka sebuah butik di Bandung bernama Medinazein Boutique. Berkat usaha fashion ini pula Medina dikenal sebagai hijaber ternama.

Tak berhenti pada usaha fashion saja. Medina juga membuka usaha Tour & Travel dengan nama perusahaan PT. Medina Global Travelindo. Perusahaan Medina ini juga terletak di Bandung Jawa Barat. Selain itu, kue kekinian yang sempat viral diberbagai daerah rupanya ada nama Medina Zein dibaliknya. Wanita ini disebut-sebut sebagai salah satu pemilik bisnis kue kekinian para artis, seperti Bandung Makuta dari Laudya Cynthia Bella.

5. Pernah raih penghargaan

Istri Lukman Azhari, Medina Zein Azhari baru saja melahirkan bayi laki-laki. (Sumber: Instagram/@medinazein)

Dua ratus komunitas perempuan yang tersebar di seluruh Kota Bandung menggelar acara bertajuk 2nd All About Woman pada Desember 2017 lalu. Acara ini bertujuan untuk memberikan semangat dan inspirasi bagi para perempuan Indonesia untuk mengekspresikan dirinya di ranah yang lebih luas.

Dari acara tersebut, Medina Zein diberi penghargaan dalam kategori Perempuan Muda Berdaya. Ia dianggap sebagai tokoh perempuan yang berdedikasi di bidangnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuanzebe: MU Haram Kalah Lawan Liverpool

Posted: 18 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Setelah hampir dua pekan absen, Premier League kembali digelar. Kali ini kompetisi kasta tertinggi Inggris itu memasuki pekan kesembilan, di mana ada satu laga akbar tersaji di Old Trafford, yaitu MU vs Liverpool.

Kedua tim ini bisa dikatakan memiliki rivalitas terbesar di tanah Brittania. Maklum, kedua tim ini merupakan dua tim tersukses di Inggris sehingga pertandingan keduanya selalu ditunggu-tunggu setiap musim.

"Pertandingan ini selalu menjadi rivalitas yang besar," ujar bek MU, Axel Tuanzebe di situs resmi klub.

Tuanzebe mengakui bahwa rivalitas MU dan Liverpool ini tidak hanya terjadi di level senior. Di semua kategori umur, ada rivalitas yang sangat besar antara kedua tim ini.

"Saya tumbuh besar dalam rivalitas yang besar. Saya sudah menghadapi mereka [Liverpool] di setiap kategori umur dan selalu ada rivalitas besar antara kedua tim ini."

"Kami percaya diri dengan persiapan kami dan kami juga percaya bahwa kami harus memenangkan pertandingan ini."

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Pesan

Pemain muda Axel Tuanzebe (kanan) mendapat kesempatan membela tim utama MU karena badai cedera dan padatnya jadwal. (AP Photo/Frank Augstein)

Tuanzebe menyebut bahwa sebagai didikan asli MU, ada aturan tidak tertulis bahwa mereka haram hukumnya kalah dari Liverpool di pertandingan ini.

"Pertandingan ini sangat besar. Ini pertandingan yang besar untuk saya, keluarga saya dan juga teman-teman saya."

"Saya sudah mendapatkan banyak pesan yang mengatakan 'Apapun yang terjadi, kamu harus memastikan bahwa kalian mengalahkan Liverpool' dan kami akan mencoba melakukan itu."

Sumber: MU

Disadur dari: Bola.net (penulis Serafin Unus, published 18/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem Sebut Prabowo Berkali-kali Minta Ketemu Surya Paloh

Posted: 18 Oct 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Nasdem Sugeng Suprawoto menyampaikan, pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dengan Prabowo Subianto bukan karena undangan melainkan memang inisiatif sang Ketua Umum Gerindra sendiri.

"Pak Surya, Nasdem, tidak mengajak," tutur Sugeng dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

Sugeng menjelaskan, Prabowo mencoba menghubungi Nasdem berkali-kali lewat Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Salah satunya melalui saya terjadi pertemuan. Sudah sedemikian rupa minta ketemu berkali-kali Prabowo dengan telepon melalui Dasco ke Pak Ali (Ketua DPR Fraksi Nasdem), telepon berkali-kali minta ketemu," katanya.

Partai Nasdem, lanjut Sugeng, tentu akhirnya menerima permintaan tersebut. Hanya saja Partai Nasdem tidak dalam posisi menerima atau pun menolak Partai Gerindra masuk dalam pemerintahan Jokowi.

"Kalau kami di Nasdem kita serahkan kepada wisdomnya (kebijaksanaan) Pak Jokowi. Kalau dianggap penting bagi integral untuk persoalan kebangsaan," ujar Sugeng.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Prabowo Bertemu Surya Paloh

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menemui Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh di rumahnya, kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Minggu 13 Oktober 2019.

Prabowo tiba sekitar pukul 19.30 WIB dengan menumpangi Mobil Alphard berkelir putih B 108 PSD.

Prabowo tidak sendiri. Dia ditemani Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Prabowo tidak memberikan pernyataan kepada awak media. Dia hanya membuka kaca kendaraan dan melambaikan tangan.

Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G Plate menjelaskan, silahturahmi antara dua tokoh tersebut untuk menyamakan persepsi setelah Pemilu 2019.

"Jadi kalau Pak Prabowo datang menjumpai Pak Surya pasti ada agenda-agenda politik untuk dikesamakan persepsi dan persamaan perjuangan lima tahun ke depan," kata Johnny di rumah Surya Paloh.

Apakah akan membicarakan kemungkinan Gerindra masuk kabinet, Johnny berdalih itu menjadi hak prerogatif presiden. Dia minta tunggu hasil pertemuan empat mata malam ini.

"Apa persisnya nanti kita tunggu nanti akan ada pembicaraan one on one," ucapnya.

 

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Menggemaskan Kucing Saat Pakai Makeup

Posted: 18 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau tingkah laku kucing sering mengundang gelak tawa. Kucing selalu melakukan hal di luar nalar yang membuat manusia geleng kepala. Seperti saat kucing sedang memakai makeup yang hasilnya bikin ketawa.

Berawal dari unggahan akun Instagram @receh.id, tentang kucing memakai makeup pada Jumat (18/10/2019). Unggahan tersebut ramai dan viral di media sosial. Hingga sekarang, postingan tersebut sudah mendapatkan 23,7 ribu like dan 458 komentar.

Potret kucing yang memakai makeup tersebut membuat banyak orang gemas.

"Pakai skincare juga gak tuh kucing? wkwk" komentar akun @haffeznaufal, Jumat (18/10/2019).

"hahahahha mesh bgttttt" komentar akun @ndhlstr__, Jumat (18/10/2019)

Selain postingan akun Instagram @receh.id tentang kucing memakai makeup, ternyata masih banyak potret kucing lainnya yang memakai makeup. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret kucing memakai makeup, Sabtu (19/10/2019). 

1. Duh, pipinya bisa merona gitu.

Ini 5 Potret Menggemaskan Saat Kucing Pakai Makeup (sumber: Twitter.com/aniskrtel13)

2. Lagi mau kondangan ya? Menor banget.

Ini 5 Potret Menggemaskan Saat Kucing Pakai Makeup (sumber: Twitter.com/aceeceeeeee)

3. Ekspresi kesal ketika makeup yang kamu pakai tidak sesuai ekspektasi.

Ini 5 Potret Menggemaskan Saat Kucing Pakai Makeup (sumber: Twitter.com/basecotan)

4. Duh, kok jadi geli gini sih hasil makeup si kucing

Ini 5 Potret Menggemaskan Saat Kucing Pakai Makeup (sumber: Twitter.com/cikmeow_)

5. Tanpa disengaja, kucing ini ingin bersolek dan tambah cantik. Menggemaskan sekali bukan?

Ini 5 Potret Menggemaskan Saat Kucing Pakai Makeup (sumber: Instagram.com/receh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Jitu Menularkan Kemampuan Ekonomi Digital

Posted: 18 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Telkomsel melancarkan program Patriot Desa Digital untuk mendukung peningkatan ekonomi dan kualitas masyarakat. Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini menyasar warga desa atau pinggir kota yang berpotensi.

Program Patriot Desa Digital secara khsusus juga diperuntukkan bagi BUMDES, UMKM, BMT melalui edukasi literasi digital. Di dalam implementasinya akan melibatkan lembaga keuangan non-bank Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atau Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS).

Mereka yang terpilih akan menjadi patriot yang bertugas sebagai katalisator ekonomi secara digital untuk memaksimalkan potensi wilayahnya. Program ini diselenggarakan di lima kota yaitu Bandung, Bogor, Surabaya, Yogyakarta, dan Medan.

"Kami ingin memunculkan banyak lokal hero sebagai patriot yang melek teknologi, menciptakan lapangan kerja baru di era digital serta membantu bisnis masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)," ujar Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Jumat (18/10/2019).

Kegiatan yang digelar sejak April sampai Desember 2019 ini menargetkan akan melahirkan 750 Patriot Desa Digital dari 250 desa dan BMT.

Manajer CSR Program Support Management Telkomsel, Yanto Santoso, menuturkan di Yogyakarta kegiatan ini berlangsung pada 18 sampai 19 Oktober 2019. Sebanyak 300 peserta dari kalangan masyarakat desa sasaran akan diseleksi untuk mendapatkan 150 Patriot Desa Digital.

"Mereka yang terpilih akan mengikuti berbagai pelatihan berupa workshop Training of Trainer yang berisi aktivitas Focus Discussion Group dan pendalaman materi mengenai digital marketing, fitur aplikasi, role play, serta pembentukan online forum sebagai sarana komunikasi dan informasi," kata Yanto.

Ia mengatakan Telkomsel bekerjasama dengan Mobisaria yang merupakan sebuah platform digital yang menghubungkan antara masyarakat pedesaan dengan institusi keuangan, pasar, serta bisnis modern.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ITDC Siap Jamu Test Pra Musim MotoGP 2021

Posted: 18 Oct 2019 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) siap menjamu tes pra-musim MotoGP 2021 di Mandalika Street Circuit (Mandalika Sirkuit) yang saat ini tengah dibangun di kawasan pariwisata The Mandalika, Lombok, NTB.

Seperti yang diumumkan oleh Dorna Sports SL (DORNA), pemegang hak siar MotoGP, Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu lokasi tes pra-musim 2021 oleh para riders, jika MotoGP Mandalika masuk ke dalam kalender 2021.

"Kami siap dan sangat gembira dapat menjamu tes pra-musim MotoGP 2021 seperti yang direncanakan oleh DORNA. Untuk itu kami akan memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika selesai sesuai jadwal, sehingga MotoGP Mandalika dapat masuk kalender balap 2021," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2019).

Saat ini pembangunan Mandalika Sirkuit memasuki tahap ground work badan jalan yang telah mencapai 30 persen. Pengaspalan badan jalan akan dimulai pada Desember 2019 sebelum kemudian dilanjutkan dengan upgrading permukaan badan jalan menjadi lintasan balap.

Akhir tahun 2020 ITDC menargetkan pembangunan sirkuit dapat selesai, sehingga dapat menjamu tes pra-musim 2021, yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim 2021 dimulai.

 

Berlangsung 3 Hari

Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, selatan Lombok, 23 Februari 2019. Penantian Indonesia selama lebih dari 2 dekade untuk kembali menggelar balapan MotoGP akhirnya terealisasi. (ARSYAD ALI/AFP)

Tes pra-musim 2021 di Lombok (Sirkuit Mandalika) dijadwalkan berlangsung selama 3 hari seperti yang diumumkan oleh DORNA dan diperkirakan akan diikuti oleh semua contracted riders. Hal ini sesuai peraturan FIM World Championship Grand Prix Regulation yang mewajibkan contracted riders untuk mengikuti sejumlah tes resmi yang dijadwalkan oleh penyelenggara MotoGP.

Sejauh ini hanya ada empat tes untuk musim 2021 yang diumumkan oleh DORNA, yaitu satu kali tes pra-musim selama 3 hari di Lombok, dua kali tes 1 hari pada hari Senin setelah event balap dan satu kali tes 2 hari masing-masing di sirkuit yang akan ditentukan kemudian.

 

Mengenal Sirkuit Mandalika

Foto udara pada 23 Februari 2019 menunjukkan proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus, di Mandalika, selatan Lombok. (ARSYAD ALI/AFP)

Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep. Sirkuit akan memiliki panjang 4,31 km dan 17 tikungan yang dibangun di tengah-tengah kluster sport & entertainment di kawasan pariwisata The Mandalika.

Sirkuit terbuka ini akan menyajikan pemandangan indah bukit dan pantai, dibangun sebagai atraksi kelas dunia dalam mengembangkan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata kelas dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Cantik Dewi Perssik Kenakan Daster dan Tanpa Makeup

Posted: 18 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewi Perssik yang namanya dikenal sebagai pedangdut ternama Tanah Air, kerap tampil glamor di atas panggung. Bahkan, riasannya hampir selalu tak lepas dari wajahnya.

Setiap tampil, Dewi Perssik hampir selalu terlihat anggun. Namun ketika ia pulang ke rumah, ada perbedaan yang sangat menncolok. Ia kerap tampil sederhana selama di rumah.

Di dalam rumah, pedangdut asal Jember, Jawa Timur ini tampil sederhana seperti seorang ibu rumah tangga. Istri Angga Wijaya ini hampir selalu tampil tanpa makeup selama di rumah.

Mirip Ibu Rumah Tangga

Dewi Perssik. (Instagram @dewiperssikreal)

Melalui Instagram pribadi maupun YouTube, Dewi Perssik kerap memperlihatkan penampilannya yang juga berbeda dari aksinya di layar kaca. Di rumah, Dewi selalu bergaya sederhana dan natural tanpa riasan.

Ia memamerkan dirinya sedang dibalut busana daster layaknya seorang ibu rumah tangga. Nah, pose-pose seperti inilah yang menyorot perhatian masyarakat. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya.

Pose di Rumah

Gaya Dewi Perssik saat di rumah sambil memakai daster tanpa makeup. (foto: Instagram/@dewiperssikreal)

Tiba di rumah, Dewi Perssik langsung menghapus riasan serta segala hal yang menunjang wajahnya di atas panggung.

Busana daster pun dipilihnya agar kecantikan bak seorang kembang desa bisa lebih terpancar.

Pose saat Bahas Makanan

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/DEWI PERSSIK REAL CHANNEL)

Merekam video untuk kanal Youtube, Dewi Perssik terlihat selalu lengket dengan dasternya nih. Ia pun semakin mirip dengan gaya ibu-ibu pada umumnya.

Menariknya, di kanal video tersebut Dewi terlihat menjelaskan soal  masakan, terutama khusus  untuk sang suami.

Pose Bersama Ibunda

Dewi Perssik (Sumber: Instagram/@dewiperssikreal)

Memiliki rumah di Jember, Dewi Perssik pun kerap pulang kampung. Sejak ayahnya meninggal, kini tinggal sang ibunda yang bisa meluapkan sisi manjanya.

Sebuah foto memperlihatkan Dewi tidur di sisi sang ibu dengan nyamannya sambil mengenakan daster.

Pose saat Memasak di Vlog

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/DEWI PERSSIK REAL CHANNEL)

Selain menjelaskan soal makanan, Dewi Perssik juga tampil berdaster saat memasak di Youtube. Momen ini terekam dalam sebuah video.

Saat itu, Dewi Perssik tak segan untuk bergaya sederhana dengan daster serta telah menghapus makeup. Ia pun pamer ke istri bahwa dirinya sudah tak asing dengan kegiatan membuat resep makanan.

Pose Lain di dalam Rumah

Dewi Perssik memakai daster. (Instagram/@dewiperssikreal)

Gaya lain dari Dewi Perssik di dalam rumah ini makin menampakkan kecantikan alaminya.

Jadi, tak perlu berdandan glamor pun Dewi tetap terlihat cantik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: 3 Kementerian Teken Peraturan Pemblokiran Ponsel BM via IMEI

Posted: 18 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melalui proses yang panjang dan lama, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya meneken peraturan tentang pemblokiran ponsel BM via IMEI.

Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (19/10/2019) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari ponsel curian tidak akan bernilai saat aturan blokir IMEI diberlakukan, dan pemerintan meminta masyarakat agar jangan khawatir tentang pemblokiran IMEI tersebut.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Sah, 3 Kementerian Resmi Teken Peraturan Pemblokiran Ponsel BM via IMEI

Setelah melalui serangkaian proses, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya meneken peraturan tentang pemblokiran ponsel BM via IMEI pada hari ini, Jumat (18/10/2019).

Adapun penandatangan Peraturan Menteri (Permen) ini dilakukan langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta pada pukul 08.30.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Aturan Blokir IMEI Bikin Ponsel Curian Tak Bernilai

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya meneken peraturan pemblokiran ponsel BM via IMEI, Jumat (18/10/2019) di Jakarta.

Namun sayangnya, masyarakat Indonesia sebagian besar tidak mengetahui secara detail apakah ponsel yang dibelinya benar-benar legal atau tidak.

Pengamat gadget Lucky Sebastian menilai hal itu karena patokan sekadar adanya garansi, belum tentu dari garansi vendor yang resmi. Belum lagi ponsel rekondisi yang dinyatakan baru, ponsel KW, dan lain sebagainya.

Baca selengkapnya di sini

3. Menkominfo: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Soal Aturan Blokir IMEI

Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, beserta Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya meneken peraturan tentang pemblokiran ponsel BM via IMEI pada hari ini, Jumat (18/10/2019).

Meski sudah diteken, Menkominfo Rudiantara memastikan aturan ini tidak langsung berdampak pada pengguna ponsel saat ini. Terlebih, masih ada waktu enam bulan sebelum aturan ini akan berlaku.

"Ada waktu enam bulan dan tidak ada perubahan di sisi pelanggan. (Namun) ini nanti setelah enam bulan kemungkinan ada, itu pun pada pelanggan yang membawa ponsel dari luar, yang tidak ya tidak masalah," tutur Rudiantara di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekan Angka Kebutaan, Operasi Katarak Gratis Dilakukan

Posted: 18 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya menekan angka kebutaan, organisasi International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB) menyelenggarakan atau Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day (WSD) setiap tahunnya yang jatuh setiap Kamis kedua di bulan Oktober.

"Mata adalah jendela dunia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Kerusakan penglihatan menyebabkan turunnya produktivitas seseorang, dan bahkan masa depan seseorang. Namun, lebih dari 80 persen kerusakan penglihatan dan kebutaan masih dapat dicegah dan direhabilitasi melalui tindakan operasi," kata Kepala Bedah Refraktif JEC dan Direktur Utama JEC Menteng, Dr Setiyo Budi Riyanto SpM(K).

Menurut Setiyo, setelah melalui tindakan katarak dan penyembuhan, pasien terbukti mendapatkan kembali ketajaman penglihatan dan bebas dari ketergantungan bantuan orang lain.

"Sehingga dapat dikatakan tindakan operasi  katarak meningkatkan produktivitas pasien, bila dibandingkan kondisinya sebelum menjalani operasi," Setiyo menambahkan seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 19 Oktober 2019.

 

Kegiatan Bakti Katarak

Hari Penglihatan Sedunia 2019, Katarak, Operasi Katarak

JEC Eye Hospitals & Clinics secara konsisten membantu masyarakat Indonesia dalam mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan mata berkualitas. Melalui kegiatan bakti katarak yang telah menjadi tradisi rutin tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Tahun ini, Bakti Katarak JEC Eye Hospitals & Clinics merayakan Hari Penglihatan Mata di tiga klinik utama mata JEC; JEC Cibubur, JEC Cinere dan JEC Bekasi bekerjasama dengan PT Bukaka Teknik Tbk.

"Kami berharap kemitraan ini dapat terus terjalin dan semakin banyak lagi mitra kerja yang terlibat, sehingga dapat memperkecil jumlah penderita katarak di Indonesia," kata Ketua Panitia Bakti Katarak 2019 dan Kepala Klinik Utama Mata JEC Cibubur, Dr Emma Rusmayani, SpM.

Kegiatan Bakti Katarak merupakan salah satu upaya JEC dalam mempermudah masyarakat kurang mampu, khususnya penderita katarak untuk mendapatkan penanganan operasi katarak yang berkualitas tanpa membebani mereka dengan biaya operasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Bandung Vs Persebaya, Pikal Puji Permainan Febri Haryadi

Posted: 18 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Gianyar - Febri Haryadi menjadi bintang di laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Jumat (18/10/2019). Gelandang berusia 23 tahun itu mencetak dua gol dalam kemenangan 4-1 Persib atas Persebaya.

Predikat man of the match di laga Persib Bandung vs Persebaya pun didapatkan Febri. Tak hanya itu, Pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal juga memujinya.

"Lawan di sayap kuat. Febri main bagus. Dia man of the match. Terus di kiri ada Vizcarra dan Frets juga bagus. Kami pun kesulitan mengantisipasi crossing dan set play dari Persib," kata Pikal seperti dilansir situs resmi Persib.

Pertandingan Persib Bandung vs Persebaya berlangsung di Gianyar, Bali. Persib yang bertindak sebagai tuan rumah membuka skor lewat gol Febri di menit ke-31.

Lima menit jelang turun minum, Persib menambah keunggulab setelah Ahmad Jufriyanto mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan 2-0 bagi Persib bertahan hingga babak pertama selesai.

Di menit ke-60, giliran Kevin van Kippersluis yang mencetak gol ke gawang Persebaya. Laga lalu berakhir dengan skor 4-1 setelah Febri mencetak gol keduanya di menit 84.

Persebaya mendapat gol hiburan lewat Diogo Campos di menit ke-71. Sayang, di menit ke-79, Campos harus keluar dari lapangan karena mendapat kartu merah.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Tanpa Pilar Penting

Gelandang Persib Bandung, Febri Haryadi, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persebaya Surabaya pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Jumat (18/10). Persib menang 4-1 atas Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Pikal mengakui, Persib memang bermain lebih baik dalam laga tersebut. Namun ia menganggap, kekalahan ini terjadi karena absennya beberapa pilar penting Persebaya.

"Saya mau bilang selamat untuk Persib. Karena, Persib bermain lebih baik dari kami. Memang kami ada sedikit masalah, karena tidak full team," ujar Pikal mengakhiri.

Klasemen Liga 1

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Siapkan Tim Motor Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Posted: 18 Oct 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya membentuk Team Motoris Reserse atau Team Morres dalam rangka pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2019.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto menyampaikan, tim dibentuk dengan ciri mobilitas yang tinggi untuk mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Tim dibentuk dalam rangka menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan menghadapi tindakan anarkis dari pelaku-pelaku kerusuhan. Khususnya dalam rangka persiapan pelantikan presiden dan wapres," tutur Suyudi dalam keterangannya seperti dikutip Antara, Sabtu (19/10/2019).

Suyudi menyebut, Team Morres beranggotakan 30 personel yang terdiri dari gabungan Team Khusus Anti Bandit (TEKAB), Buru Sergap (Buser), dan anggota Ditreskrimum lainnya. Nantinya, Tim ini akan bergerak dengan 15 motor trail dan dilengkapi beberapa peralatan terbaik Polri.

Selain itu, petugas yang diterjunkan dalam pengamanan pelantikan presiden juga akan bekerja sama dengan Team Bermotor Patra dari Sat Brimobda Polda Metro Jaya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Tiga Ring Pengamanan Pelantikan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya sudah siap mengawal pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

"Pertama, saya sampaikan pada prinsipnya untuk pelantikan tanggal 20 Oktober besok, Polri sudah siap untuk mengamankan," kata Argo.

Upacara pelantikan akan dikawal oleh 31 ribu personel gabungan dari unsur TNI Polri yang akan disebar dalam tiga ring pengamanan.

Ring satu adalah Gedung DPR yang menjadi tempat dilaksanakan upacara pelantikan. Pengamanannya menjadi kewenangan penuh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Sedangkan ring dua dan tiga adalah Komplek Gedung DPR dan wilayah sekitarnya yang akan dijaga oleh personel TNI dan Polri.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut, selain istana Presiden dan Wakil Presiden pengamanan ketat juga diberlakukan ke pusat perkekonomian. Selain itu, TNI/Polri juga akan menjaga ketat bandara, PLN, dan tempat logistik Pertamina.

"Ada beberapa titik kritis yang harus kita perkuat termasuk Istana Presiden, wilayah-wilayah lain yang menjadi konsen adalah tempat-tempat ekonomi contohnya Glodok, Jembatan tiga, termasuk yang harus kita pertebal adalah Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma, dan objek vital lainnya," kata Hadi di Monas, Kamis 17 Oktober 2019.

Hadi mengatakan, pihaknya menyiapkan 30 ribu personil gabungan dari TNI-Polri saat pelantikan presiden dan wakil presiden. Dalam pelaksanaanya, seluruh personil akan disebar di beberapa titik.

Hadi menyatakan, Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL, KSAU siap untuk menjalankan tugas pengamanan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Chelsea Vs Newcastle United: Teruskan Momentum Bagus

Posted: 18 Oct 2019 08:55 PM PDT

London - Chelsea berusaha untuk menjaga tren positif di Liga Inggris. Namun misi itu tak mudah karena mereka akan menantang Newcastle United nanti malam di Stamford Bridge.

Chelsea sanggup bangkit setelah tersendat pada beberapa laga awal musim 2019-20. Namun, strategi yang diterapkan Frank Lampard mulai membuahkan hasil.

Perpaduan skuat jebolan akademi dengan pemain berpengalaman bisa mengantarkan Chelsea meraih hasil positif. Hasil itu diharapkan berlanjut ketika Chelsea berhadapan dengan Newcastle United.

Pada laga nanti, Frank Lampard berpeluang menurunkan Callum Hudson-Odoi. Pemain yang sempat absen lama karena cedera itu langsung menunjukkan performa yang menjanjikan.

Hudson-Odoi diharapkan dapat berkolaborasi apik dengan Tammy Abraham. Dua pemain jebolan akademi itu diharapkan dapat menjadi andalan di lini depan.

Namun, Newcastle United tidak bisa diremehkan. Walaupun belum tampil konsisten, namun The Magpies memiliki modal yang bagus setelah menundukkan Manchester United.

Steve Bruce berpeluang kembali mengandalkan Longstaff bersaudara di lini tengah Newcastle United. Duet pemain tersebut menunjukkan peforma yang apik ketika bermain bersama.

Kali terakhir dua klub bertanding, Chelsea meraih kemenangan dengan skor 2-1. Saat itu, gol The Blues dicetak Pedro Rodriguez dan Willian.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Data dan Fakta

Premier League. (dok. Premier League)

Prakiraan Susunan Pemain

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Marcos Alonso; Mateo Kovacic, Jorginho, Mason Mount; Willian, Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi

Manajer: Frank Lampard

Newcastle United: Martin Dubravka; DeAndre Yedlin, Fabian Schar, Jamaal Lascelles, Ciaran Clark, Jetro Willems; Miguel Almiron, Matthew Longstaff, Sean Longstaff, Allan Saint-Maximin; Joelinton

Manajer: Steve Bruce

 

Lima pertemuan terakhir

02/12/2017 Chelsea 3-1 Newcastle United (Premier League)

28/01/2018 Chelsea 3-0 Newcastle United (Premier League)

13/05/2018 Newcastle United 3-0 Chelsea (Premier League)

26/08/2018 Newcastle United 1-2 Chelsea (Premier League)

13/01/2019 Chelsea 2-1 Newcastle United (Premier League)

 

Lima laga terakhir Chelsea

22/09/2019 Chelsea 1-2 Liverpool (Premier League)

26/09/2019 Chelsea 7-1 Grimsby Town (Piala Liga)

28/09/2019 Chelsea 2-0 Brighton (Premier League)

03/10/2019 Lille 1-2 Chelsea (Liga Champions)

06/10/2019 Southampton 1-4 Chelsea (Premier League)

 

Lima laga terakhir Newcastle United

31/08/2019 Newcastle United 1-1 Watford (Premier League)

14/09/2019 Liverpool 3-1 Newcastle United (Premier League)

21/09/2019 Newcastle United 0-0 Brighton (Premier League)

29/09/2019 Leicester City 5-0 Newcastle United (Premier League)

06/10/2019 Newcastle United 1-0 Manchester United (Premier League)

 

Prediksi Bola.com

Chelsea 55-45 Newcastle United

Disadur dari: Bola.com (penulis Aditya W, editor Gregah, published 19/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Rombongan PM Malaysia yang Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Posted: 18 Oct 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad akan ke Jakarta pada 20 Oktober 2019. Kunjungan kerja itu untuk menghadiri upacara pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2019 - 2024 di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

"PM Mahathir Mohamad akan ditemani istri, Siti Hasmah Mohd Ali, dan Menteri Urusan Luar Negeri, Saifuddin Abdullah serta sejumlah pejabat senior dan dari Kementerian Luar Negeri," demikian menurut kantor PM Malaysia melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (19/10/2019).

Kunjungan rombongan ini melambangkan hubungan bilateral yang hangat dan dekat antara Malaysia dengan Indonesia. Hal ini tentu saja akan berkontribusi untuk lebih memperkuat ikatan persahabatan antara kedua negara.

Sementara itu, menurut Kementerian Luar Negeri RI, Wakil Presiden China, Wang Qishan juga berencana untuk menghadiri pelantikan Presiden Jokowi seperti yang dikatakan Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir, September lalu.

Rombongan Perwakilan Australia

Scott Morrison terpilih sebagai perdana menteri baru Australia menggantikan Malcolm Turnbull. (AP Photo)

Salah satu yang dipastikan akan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf adalah Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

Sejak pelantikan presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2004, yang dihadiri PM John Howard saat itu, perdana menteri Australia tak pernah absen untuk hadir dalam acara kenegaraan tersebut.

Kevin Rudd di tahun 2009 juga datang ke Jakarta untuk pelantikan presiden Yudhoyono untuk kedua kalinya dan Tony Abbott menghadiri pelantikan presiden Jokowi di tahun 2014.

Seperti dikutip dari ABC Indonesia, Selasa 8 Oktober 2019, kedatangan PM Morrison ke upacara pelantikan Presiden Jokowi akan menjadi kunjungan kedua baginya ke Indonesia.

Bulan September 2018, PM Morrison yang saat itu baru saja dilantik, datang ke Jakarta untuk membahas kemitraan ekonomi komprehensif dan menyamakan kedudukan Indonesia dengan China dalam hubungan diplomatik.

Menjadi sebuah 'tradisi' juga bagi Perdana Menteri Australia yang baru terpilih untuk mendatangi Indonesia, sebagai kunjungan luar negeri pertama kalinya.  

Utusan Amerika Serikat

Presiden AS Donald Trump saat tiba di Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh (20/5). Kunjungan ini akan membicarakan perjanjian politik dan perdagangan serta dukungan atas perang melawan para militan. (AFP/Saudi Royal Palace/Bandar Al-Jalou)

Sementara itu, Donald Trump mengumumkan delegasi presiden ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan Joko Widodo (Jokowi), menjadi pemimpin RI untuk periode kedua. Perwakilan dari Negeri Paman Sam itu akan datang untuk menghadiri acara yang digelar dalam hitungan hari.

Delegasi Presiden AS untuk Indonesia akan menghadiri pelantikan Jokowi kembali menjadi Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2019 mendatang.

"Elaine L. Chao, Secretary of Transportation atau Menteri Transportasi akan memimpin delegasi," kata Donald Trump melalui keterangan tertulis Gedung Putih yang disampaikan oleh Kedutaan Besar Amerika di Indonesia, Sabtu 12 Oktober 2019.

Dalam pernyataan tersebut, disebutkan bahwa salah satu anggota delegasi presiden itu adalah Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Joseph R. Donovan Jr.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sehari Jelang Pelantikan Presiden, Akses Menuju Gedung MPR-DPR Ditutup

Posted: 18 Oct 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 akan digelar di Gedung MPR-DPR pada Minggu 20 Oktober 2019. Pengamanan di sekitar lokasi pelantikan semakin diperketat.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (19/10/2019) jalan menuju pintu belakang Gedung MPR-DPR dan Palmerah ditutup. Selain itu, aparat gabungan dari Polri dan TNI sudah bersiaga di sekitar lokasi.

Beberapa kendaraan taktis milik aparat kepolisian di siagakan di sepanjang Jalan Gelora atau persis di depan pintu belakang Gedung DPR. Aparat bersenjata lengkap berjaga-jaga di sekitar gerbang Gedung DPR.

Sebelumnya, kepolisian menyatakan, sembilan kepala negara akan menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf di Gedung MPR-DPR, Senayan, Jakarta. TNI-Polri telah menyiapkan pengamanan khusus untuk tamu VVIP tersebut saat pelantikan presiden.

"Pengamanan bagi sembilan kepala negara akan menggunakan operasi PAM Waskita," kata Kabag Penum Polri Kombes Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jumat (18/10/2019).

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Tiga Ring Pengamanan

Prajurit TNI AD mengikuti apel kesiapan pasukan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (30/9/2019). Apel diikuti TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Asep mengatakan, sistem pengamanan terdiri dari tiga lapis atau tiga ring.

Ring satu diberlakukan operasi PAM Waskita yang bertanggung jawab adalah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Ring dua pasukan dari TNI. Sedangkan ring tiga dari Polri.

"Kita sudah tempatkan sebagaimana pola yang diatur," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Tira Persikabo Vs Bhayangkara FC: Peluang Akhiri Tren Minor

Posted: 18 Oct 2019 08:35 PM PDT

Jakarta - Laga sengit bakal tersaji dalam Shopee Liga 1 2019 pekan ke-23. Tira Persikabo akan menantang Bhayangkara FC di Stadion PTIK.

Tira Persikabo dalam situasi tak ideal pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Pasukan Rahmad Darmawan belum lagi mampu meraih kemenangan pada tujuh laga terakhir, rinciannya adalah empat kali imbang dan tiga kali kalah.

Rentetan hasil negatif itu membuat Tira Persikabo tergelincir dari puncak klasemen. Klub yang bermarkas di Stadion Pakansari itu kini mengumpulkan 36 poin.

Selain harus wajib meraih kemenangan, Tira Persikabo juga dirugikan pemindahan venue pertandingan. Sejatinya laga ini akan digelar di Stadion Pakansari, namun dipindah ke Stadion PTIK dengan status tertutup tanpa penonton.

Sementara itu, kondisi belum konsisten juga dialami Bhayangkara FC. Pasukan Paul Munster itu belum lagi menang dalam tiga laga terakhir dengan rincian dua kali imbang dan sekali kalah.

Bhayangkara FC tentu tak ingin membuang-buang poin lagi. Apalagi laga ini akan krusial karena pada pertemuan sebelumnya di putaran pertama hanya berakhir dengan skor imbang 1-1.

Bhayangkara FC saat ini berada di papan tengah dan hanya mengumpulkan 24 poin dari 22 laga yang sudah dimainkan. Kemenangan atas Tira Persikabo menjadi harga mati untuk bisa memperbaiki peringkat dan margin poin dari tim di atasnya pada tabel klasemen Shopee Liga 1 2019.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Data dan Fakta

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper), Rifad Marasabessy, Abduh Lestaluhu, Andy Setyo, Vava Mario(belakang), Louise Parfait, Roni Sugeng (tengah), Ciro Alves, Loris Arnaud, Osas Saha (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Bhayangkara FC (4-3-3): Wawan Tri Nugroho (kiper), Alsan Sanda, Anderson Salles, Jajang Mulyana, Muhammad Rochman (belakang), Teuku Ichsan, Lee Yoo-Joon, Setyano (tengah), Nur Iskandar, Bruno Matos, Dendy Sulistyawan. (depan)

Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

Head to head

  • 4/7/2019 - Bhayangkara FC 1-1 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 6/10/2018 - Tira Persikabo (masih bernama PS Tira) 2-0 Bhayangkara FC (Liga 1 2018)
  • 4/5/2018 - Bhayangkara FC 4-2 Tira Persikabo (masih bernama PS Tira) (Liga 1 2018)
  • 3/9/2017 - Tira Persikabo (masih bernama PS TNI) 0-1 Bhayangkara FC (Liga 1 2017)
  • 11/2/2017 - Bhayangkara FC 2-1 Tira Persikabo (Liga 1 2017)

Lima pertandingan terakhir Tira Persikabo

  • 2/10/2019 - Persipura Jayapura 3-0 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 27/9/2019 - Tira Persikabo 1-1 Semen Padang (Liga 1 2019)
  • 23/9/2019 - Perseru Badak Lampung 2-2 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 19/9/2019 - PSM Makassar 2-0 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 14/9/2019 - Tira Persikabo 1-1 Persib Bandung (Liga 1 2019)

Lima pertandingan terakhir Bhayangkara FC

  • 4/10/2019 - Bhayangkara FC 0-2 PSS Sleman (Liga 1 2019)
  • 28/9/2019 - Persela Lamongan 1-1 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 22/9/2019 - Bhayangkara FC 1-1 Borneo FC (Liga 1 2019)
  • 18/9/2019 - Barito Putera 1-4 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 13/9/2019 - Bhayangkara FC 0-0 Bali United (Liga 1 2019)

Prediksi Bola.com

Tira Persikabo 50-50 Bhayangkara FC

Disadur dari: Bola.com (penulis Zulfirdaus, editor Wiwig, published 19/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Ekspor Produk Olahan Kelapa ke Brazil dan Bangladesh

Posted: 18 Oct 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui unit pelaksana teknis Karantina Pertanian Tanjung Priok kembali mensertifikasi ekspor 109,48 ton produk olahan kelapa senilai Rp 1,178 miliar ke Brazil dan Bangladesh.

Produk ekspor subsektor perkebunan yang diekspor kali ini masing-masing berupa 20 ton kelapa parut kering dengan nilai ekonomi senilai Rp197 juta tujuan Brazil, dan 89,48 ton kopra dengan senilai Rp 981 miliar tujuan Bangladesh dan Pakistan.

"Kami sangat mengapresiasi pelaku usaha yang sudah mengekspor komoditas pertanian dalam bentuk produk olahan atau minimal setengah jadi, bukan lagi mengekspor barang mentah," ujar Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementan Ali Jamil dalam sebuah pernyataan tertulis, Sabtu (19/10/2019).

Jamil kemudian menyampaikan data peningkatan eksportasi kelapa sebagai salah satu produk unggulan ekspor Indonesia.

Dari data dari sistem automatisasi perkarantinaan IQFAST di Tanjung Priok, ekspor kopra mengalami peningkatan hampir dua kali lipat. Tercatat dari Januari hingga Oktober 2019, kinerja ekspornya telah mencapai 7.796 ton dengan nilai Rp 110,7 miliar. Sementara pada periode yang sama di 2018, ekspor kopra hanya 3.982 ton atau senilai Rp 56,5 miliar.

"Kementan saat ini tengah mengkampanyekan agar membangun lebih banyak lagi industri kelapa. Agar yang diekspor tidak lagi kelapa bulat ataupun kopra, tapi sudah menjadi produk olahan yang akan memberikan nilai tambah pada komoditas kelapa," jelasnya.

 

Kunci Keberhasilan

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia menyatakan, pemenuhan syarat teknis atau Sanitary dan Phytosanitary (SPS Measure) menjadi kunci bagi masuknya produk hewan, tumbuhan dan olahan di pasar global.

"Setiap keputusan jaminan kesehatan dan keamanan produk pertanian seluruh petugas Karantina Pertanian dilapangan akan selalu merujuk kepada hasil uji laboratorium," ungkap Jamil.

Menurutnya, laboratorium bagi karantina pertanian berperan sebagai peneguh ilmiah dalam setiap pengambilan keputusan atau scientific justification atas analisa dan diagnosis petugas di lapangan.

Untuk itu, guna menjamin hasil pengujian, pihaknya juga menerapkan Standar Operasional Prosedur Alur Pengujian Sample, dilakukan sistem pengkodean bertahap dimana antara kode dari pengirim sample dan kode dari laboratorium akan berbeda. Sehingga penguji akan terjaga independensinya lantaran tidak mengetahui identitas barang yang diuji.

"Penguatan laboratorium menjadi kebijakan strategis Barantan, bukan hanya layanan yang cepat tapi juga harus akurat. Ini sesuai dengan instruksi Menteri Pertanian untuk mengawal ekspor produk pertanian kita, jangan sampai ada yang ditolak di negara tujuan," tutup Jamil.

Kementan Lepas Ekspor Kopi Amstirdam asal Jawa Timur ke Australia

Pedagang memasukan biji kopi asal Lampung kedalam kotak di Jakarta, Rabu (10/2). Volume ekspor biji kopi Lampung kian terpuruk. Januari lalu, Lampung hanya mengapalkan 8.418 ton biji kopi, dan mengantongi devisa US$ 14 juta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian melepas ekspor perdana kopi Amstirdam asal Jawa Timur (Jatim) ke Australia sebanyak 20 ton.

Kopi berjenis robusta asal petani di Kabupaten Malang, kecamatan Ampelgading, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo dan Dampit  atau dikenal dengan Kopi Amstirdam ini sebelumnya telah menjadi langganan untuk 42 negara Asia dan Eropa.

"Alhamdulilah, satu lagi pasar kopi asal Jatim terbuka yaitu ke Australia. Kami berharap dengan ekspor ini ada tambahan margin keuntungan bagi petani karena produk ditujukan untuk pasar ekspor. Kita berbagi dengan petani agar bertambah kesejahteraan dan petani makin bersemangat menanam," ujar Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil di Malang, Jawa Timur, Selasa (15/10/2019) seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementan.

Ali Jamil menuturkan, sesuai dengan instruksi Menteri Pertanian dalam mendorong eksportasi produk pertanian, Kementan melalui Badan Karantina Pertanian telah menggagas program Agro Gemilang.

Program yang ditujukan untuk membuka akses informasi dan layanan seluas-luasnya pelaku usaha agribisnis, khususnya kaum muda yang baru memasuki bisnis ekspor produk pertanian.

Lanjut Ali Jamil, fasilitasi layanan ekspor berupa bimbingan teknis pemenuhan persyaratan Sanitary and Phytosanitary (SPS), Sinergisitas dengan para pemangku kepentingan baik pusat, daerah dan pelaku usaha. Barantan telah siapkan aplikasi komoditas ekspor, i-MACE yang dapat diakses sebagai landasan kebijakan pembangunan pertanian berbasis ekspor. 

"Program Ayo Galakkan Ekspor Komoditas Pertanian oleh Generasi Milenial Bangsa ini juga berupa terobosan layanan cepat proses bisnis karantina yakni berupa pemeriksaan di gudang pemilik, inline inspection dan layanan prioritas," tutur dia.

Sementara untuk perluasan akses pasar, melalui program agro gemilang ini Barantan lakukan terobosan layanan berupa sertifikat elektronik, e-Cert. Dengan layanan ini selain mempercepat proses di tempat pengeluaran juga menjadi jaminan bagi keberterimaan produk di negara tujuan.

"Program ini juga mengajak partisipasi masyarakat dengan kampanye publik #BeraniEkspor," terang Ali Jamil.

Ali Jamil menekankan, partisipasi masyarakat sangat diperlukan khususnya untuk menjaga status kesehatan hewan dan tumbuhan agar tetap sehat, aman dikonsumsi dan laris di pasar dunia.

"Laporkan dan periksakan hewan dan tumbuhan saat dilalulintaskan kepada petugas Karantina. Jika ingin ekspor, datang dan tanyakan program Agro Gemilang," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kena Tegur KPK, Ini 6 Gaya Mulan Jameela Jadi Anggota DPR

Posted: 18 Oct 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 1 Oktober 2019 menjadi hari penting bagi sederet artis yang terpilih menjadi anggota DPR RI 2019-2024. Salah satu artis terpilih adalah Mulan Jameela. Mulan Jameela menjadi kader dari partai Gerindra untuk duduk sebagai wakil rakyat di Senayan.

Belum ada sebulan usai dilantik, Mulan Jameela mendapat teguran dari KPK. Mulan ditegur karena mengunggah foto kacamata merk Gucci di akun Instagram pribadinya. Postingan tersebut direspon oleh wakil ketua KPK Saut Situmorang yang membicarakan tentang norma dan etika dari pejabat publik.

Peringatan KPK itu langsung direspons oleh istri Ahmad Dhani itu.

"Saya ucapkan terimakasih untuk Bapak Saut Situmorang selaku Wakil Ketua KPK, sudah memberikan masukan yang sangat positif untuk saya secara pribadi. Dan ini bisa jadi pelajaran untuk semua pihak," tulis Mulan Jameela di akun Instagram pribadinya, Jumat (18/10/2019).

Mulan juga langsung menghapus foto kacamata yang mendapatkan perhatian dari wakil ketua KPK itu. Menurut Mulan, hal ini bisa menjadi pelajaran baginya dan anggota DPR lain agar lebih hati-hati.

Terlepas dari terguran KPK terhadap dirinya, Mulan Jameela juga sempat menjadi sorotan publik saat menjadi anggota DPR. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @mulanjameela1, gaya Mulan Jameela saat menjadi anggota DPR RI 2019-2024, Sabtu (19/10/2019).

1. Menjelang pelantikan, Mulan diantar ke Gedung MPR/DPR oleh ketiga anaknya.

Kena Tegur KPK, Ini 6 Gaya Mulan Jameela Jadi Anggota DPR (sumber: Instagram.com/mulanjameela1)

2. Ini dia gaya simpel Mulan saat menghadiri pelantikan DPR RI 2019-2024. Gaya busananya sederhana dengan menggunakan hijab dan pakaian berwarna kalem.

Kena Tegur KPK, Ini 6 Gaya Mulan Jameela Jadi Anggota DPR (sumber: Instagram.com/mulanjameela1)

3. Perempuan kelahiran 23 Agustus 1979 tampak serius mengikuti acara pelantikan DPR RI 2019-2024 hingga selesai.

Kena Tegur KPK, Ini 6 Gaya Mulan Jameela Jadi Anggota DPR (sumber: Instagram.com/mulanjameela1)

4. Pelantun lagu Wonder Woman juga bertemu rekan selebriti lainnya, Krisdayanti, pada saat pelantikan anggota DPR.

Kena Tegur KPK, Ini 6 Gaya Mulan Jameela Jadi Anggota DPR (sumber: Instagram.com/mulanjameela1)

5. Tak hanya Krisdayanti, istri dari Ahmad Dhani juga bertemu dengan Rachel Maryam, seleb dari kader PKB yang terpilih kembali menjadi anggota DPR.

Kena Tegur KPK, Ini 6 Gaya Mulan Jameela Jadi Anggota DPR (sumber: Instagram.com/mulanjameela1)

6. Mulan juga membaur dengan anggota DPR lainnya, termasuk bertemu dengan Fadli Zon.

Kena Tegur KPK, Ini 6 Gaya Mulan Jameela Jadi Anggota DPR (sumber: Instagram.com/mulanjameela1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Singapura Larang Iklan Minuman Manis

Posted: 18 Oct 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Singapura akan jadi negara pertama yang larang iklan minuman manis. Aturan akan diterapkan mulai tahun 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polrestabes Ungkap Kasus Pembunuhan di Surabaya

Posted: 18 Oct 2019 08:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya mengungkap kasus pembunuhan seseorang yang sebelumnya dilaporkan hilang dengan dugaan diculik.

Wakil Kepala Polrestabes Surabaya AKBP, Leonardus Simarmata menuturkan, korban bernama Bangkit Maknutu Sirait (32), warga Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pada 15 Oktober 2019, istrinya Mei Nuriawati (28) melayangkan laporan ke Polrestabes Surabaya, suaminya sudah lebih dari 24 jam tidak pulang ke rumah, dengan dugaan diculik.

Menindaklanjuti laporan tersebut, polisi menyelidiki dan menemukan indikasi korban Bangkit pada 14 Oktober dipaksa masuk oleh komplotan pelaku ke dalam mobil Suzuki Ertiga dari tempat kerjanya di kawasan Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Selanjutnya, pada 16 Oktober, polisi menemukan korban di Sungai Watu Ondo, Kota Batu, Jawa Timur sudah dalam kondisi meninggal dunia, dengan posisi tangan terikat ke depan dan wajah serta sejumlah bagian tubuhnya penuh luka diduga akibat penganiayaan.

Polisi berhasil meringkus sejumlah pelakunya, di antaranya berinisial BI (27) dan RRN (32), keduanya diketahui sebagai pasangan suami istri yang tinggal di Perumahan Magersari, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Dua pelaku lainnya yang berhasil diamankan adalah ARP (27), warga Sidoarjo, dan KBF (22), warga Kota Surabaya.

"Masih ada dua pelaku lainnya yang buron dan telah kami tetapkan dalam daftar pencarian orang, yaitu MIR dan MR," ujar AKBP Leo dilansir Antara, Sabtu (19/10/2019).

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Motif

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

Polisi mengungkap motif penculikan dan pembunuhan terhadap korban adalah terkait utang piutang.

"Korban Bangkit pernah berpacaran dengan pelaku Rulin Rahayu Ningsih sekitar tiga tahun mulai 2015-2017. Selama itu korban pernah memakai kartu kredit pelaku yang menyebabkan tanggungan utang senilai Rp 140 juta," kata dia.

Selain itu, korban juga pernah mengajukan kredit mobil Toyota Yaris atas nama pelaku R dan dipakai sendiri sampai sekarang. Akibatnya setelah keduanya berpisah, pelaku R selalu diburu "debt collector" atau penagih utang dari berbagai kredit senilai ratusan juta rupiah yang dulu diajukan korban.

Menurut pengakuan pelaku R kepada penyidik polisi, korban juga pernah dimintai tolong menjualkan mobil Suzuki Swift yang kemudian laku Rp93 juta, namun hanya menyetor uang hasil penjualan senilai Rp5 juta.

"Dengan motif utang piutang tersebut pelaku akhirnya merencanakan sesuatu terhadap korban," kata AKBP Leo.

Polisi menjerat para pelaku menggunakan pasal 340 KUHP, subpasal 338 dan/atau pasal 328 KUHP dan/atau pasal 170 ayat (2) ke 3-e KUHP, dengan hukuman maksimal mati atau seumur hidup.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Transformasi Gaya Rambut Seleb, Bikin Pangling

Posted: 18 Oct 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang selebritis tentu saja selalu mendapat sorotan publik. Mulai dari soal karier, kehidupan pribadi hingga masalah penampilan. Tak sedikit pula para selebritis yang kerap mendapat kritikan jika mengubah gaya penampilan mereka. Meski bagitu, beberapa selebritis justru cuek menanggapi hal tersebut.

Salah satu penampilan selebritis yang kerap mendapat sorotan ialah gaya rambut. Pasalnya, beberapa selebritis rela mengubah gaya rambut menjadi tak biasa.

Tak hanya selebritis Indonesia saja yang memiliki perubahan gaya rambut. Akan tetapi beberapa selebritis luar negeri juga pernah melakukan perubahan gaya rambut yang cukup bikin panglin.

Penasaran bagaimana transformasi gaya rambut yang dilakukan oleh para selebriti? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/10/2019) berikut ini beberapa transformasi gaya rambut selebriti.

1. Penampilan Ello saat ini memang terlihat cukup berbeda dari sebelumnya. Ia lebih memilih untuk memanjangkan rambutnya dan menumbuhkan kumis serta janggut.

Transformasi rambut seleb (Sumber: Kapanlagi.com)

2. Tak hanya Ello, Chicco Jerikho juga pernah melakukan hal serupa. Bahkan, beberapa waktu terakhir ia lebih memilih gaya rambut gondrong.

Transformasi rambut seleb (Sumber:Instagram/chicco.jerikho)

3. Agnez Mo juga pernah menjadi perbincangkan karena perubahan gaya rambutnya. Aktris sekaligus penyanyi ini memang cukup dikenal sering melakukan perubahan gaya rambut.

Transformasi rambut seleb (Sumber:Instagram/agnezmo)

4. Miley Cyrus pernah mengejutkan netizen karena memilih gaya rambut cukup pendek loh.

Transformasi rambut seleb (Sumber:brightside)

5. Ada pula Kristen Stewart yang kini nyaman dengan potongan rambut pendek. Kesan boyish juga lebih terlihat pada aktris cantik satu ini.

Transformasi rambut seleb (Sumber:brightside)

6. Charlize Theron juga mengejutkan netizen karena perubahan penampilannya terutama pada gaya rambutnya yang lebih pendek.

Transformasi rambut seleb (Sumber:brightside)

7. Pemain Harry Potter, Emma Watson pernah memilih gaya rambut sangat pendek pada 2011 lalu. Meski begitu, ia tetap terlihat memesona.

Transformasi rambut seleb (Sumber:brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Air Minum yang Diolah dengan Cara Tidak Masuk Akal

Posted: 18 Oct 2019 08:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti apa syarat air minum yang baik? Air minum yang baik adalah air yang melalui proses pengolahan yang baik.

Menurut Departemen Kesehatan, syarat-syarat air minum adalah yang tidak berasa, tidak berbau, tidak berwama, dan tidak mengandung logam berat.

Melihat pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, penggunaan serta kebutuhan akan air pun kini semakin tinggi. Namun, tahukan Anda sejalan dengan itu ada sejumlah oknum yang berupaya meraup untung dengan cara yang tidak sah?

Peraktik curang dilakukan segelintir oknum pedagang isi ulang air untuk meraup keuntungan. Mereka mengoplos air kali yang tercemar limbah untuk disulap menjadi air minum isi ulang.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Yonatan mengatakan, ada banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat air. Semakin air itu sudah tercemar bakteri dan bahan-bahan kimia, semakin besar pula akan menimbulkan banyak penyakit.

Ikuti selengkapnya Buser Investigasi yang menelusuri jejak oknum penjual air minum rasa sampah di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Eibar Vs Barcelona: Blaugrana Fokus Jelang El Clasico

Posted: 18 Oct 2019 08:10 PM PDT

Eibar - Barcelona tidak mau terpeleset dalam laga melawan Eibar di Ipurua Municipal Stadium malam nanti. Pasalnya, mereka ingin terus menempel Real Madrid yang kini masih menjadi penguasa klasemen La Liga.

Madrid masih memimpin papan klasemen La Liga Spanyol musim 2019/2020 dengan perbedaan dua poin saja. Oleh karena itu, menghadapi tim yang di atas kertas satu level di bawahnya, Blaugrana wajib memenangi laga ini.

Setelah pertandingan menghadapi Eibar, Barcelona akan bersua Madrid dalam laga bertajuk El Clasico. Namun sebelum itu, Luis Suarez dan kawan-kawan akan berjibaku di Liga Champions.

Kondisi ini membuat pelatih Ernesto Valverde harus memutar otak dalam menjaga pemainnya tetap segar hingga partai El Clasico. Namun, ia akan dites lebih dulu oleh Eibar yang punya catatan manis dalam empat laga terakhir.

Tuan rumah mampu mengemas dua kemenangan dan dua imbang. Dua kemenangan itu diraih di markas sendiri menghadapi lawan yang relatif lebih kuat, yakni Sevilla (3-2) dan Celta Vigo (2-0).

Catatan tersebut harus diwaspadai Barcelona meski dalam 10 pertemuan terakhir kedua tim, Eibar tidak pernah memenangi pertandingan. Barca terlalu jemawa dengan koleksi sembilan kemenangan dan sekali imbang.

Suarez, Lionel Messi dan Antoine Griezmann diprediksi tampil sejak menit awal demi mengamankan kemenangan. Hanya saja, Valverde tak akan bisa menurunkan bek Gerard Pique, yang bakal dimanfaatkan betul oleh Fabian Orellana, gelandang andalan Eibar, guna memberikan assists manja kepada rekannya di kotak penalti Barcelona.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Data dan Fakta

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, saat berdue duel memperebutkan bola dengan gelandang Eibar, Joan Jordan, pada laga pekan ke-38 La Liga di Ipurua Municipal Stadium, Minggu (19/5/2019). (AP Photo/Ion Alcoba)

Prakiraan Susunan Pemain

Eibar: Dmitrovic; Blasis, Oliveira, Arbilla, Cote; Alvarez, Diop; Orellana, Exposito, Inui; Garcia.

Pelatih: Jose Luis Mendilibar.

Barcelona: Ter Stegen; Alba, Lenglet, Todibo, Semedo; Arthur, Busquets, de Jong; Griezmann, Suarez, Messi.

Pelatih: Ernesto Valverde.

 

Lima pertemuan terakhir

19/05/2019 Eibar 2-2 Barcelona (La Liga)

14/01/2019 Barcelona 3-0 Eibar (La Liga)

17/02/2018 Eibar 0-2 Barcelona (La Liga)

20/09/2017 Barcelona 6-1 Eibar (La Liga)

22/05/2017 Barcelona 4-2 Eibar (La Liga)

 

Lima laga terakhir Eibar

15/09/2019 Eibar 1-2 Espanyol (La Liga)

21/09/2019 Levante 0-0 Eibar (La Liga)

27/09/2019 Eibar 3-2 Sevilla (La Liga)

29/09/2019 Eibar 2-0 Celta Vigo (La Liga)

05/10/2019 Betis 1-1 Eibar (La Liga)

 

Lima laga terakhir Barcelona

22/09/2019 Granada 2-0 Barcelona (La Liga)

25/09/2019 Barcelona 2-1 Villarreal (La Liga)

28/09/2019 Getafe 0-2 Barcelona (La Liga)

03/10/2019 Barcelona 2-1 Inter (Liga Champions)

07/10/2019 Barcelona 4-0 Sevilla (La Liga)

 

Prediksi Bola.com

Eibar 40-60 Barcelona

Disadur dari: Bola.com (penulis Gregah, editor Aditya W, published  19/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil FP3 MotoGP Jepang: Danilo Petrucci Asapi Marc Marquez

Posted: 18 Oct 2019 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Motegi - Danilo Petrucci sukses menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Jepang, Sabtu (19/10/2019) di sirkuit Motegi. Petrucci mengalahkan juara dunia musim ini, Marc Marquez yang berada di peringkat kedua.

FP3 di Motegi berlangsung dalam kondisi hujan deras. Alhasil, penyelenggaraan pun sempat ditunda sebelum akhirnya tetap dapat berlangsung siang ini WIB.

Petrucci mengalahkan Marquez setelah mengemas catatan waktu 1 menit 54,710 detik. Pembalap dari tim Ducati itu mencatatkan kecepatan maksimal 300 km/jam.

Catatan Petrucci di FP3 ini jauh lebih baik dibanding pada FP2. Di FP2, Petrucci hanya menempati peringkat ke-8 dengan catatan waktu 1 menit 45,641 detik.

Sementara itu, Valentino Rossi justru melorot ke posisi ke-12 pada FP3. Padahal, The Doctor sebelumnya menempati peringkat ke-5 pada FP2 dengan catatan waktu 1 menit 45, 466 detik.

Namun demikian, Rossi berhasil langsung lolos ke kualifikasi kedua. Ia bakal lolos bersama sembilan pembalap MotoGP lainnya seperti Marquez, Petrucci, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales.

Berikut hasil lengkap FP3 di MotoGP Jepang

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Hasil FP 3 MotoGP Motegi

1 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP19) 1'54.710s 15/15 300k
2 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +0.174s 8/16 299k
3 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0.465s 18/19 294k
4 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.748s 18/19 295k
5 Sylvain Guintoli FRA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.880s 9/15 298k
6 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP19) +1.012s 12/18 303k
7 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +1.086s 18/18 298k
8 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)* +1.101s 18/19 293k
9 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) +1.114s 12/14 294k
10 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)* +1.150s 18/19 294k
11 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* +1.262s 18/18 300k
12 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) +1.520s 14/18 292k
13 Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) +1.533s 19/19 295k
14 Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) +1.687s 12/14 293k
15 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +1.827s 17/18 294k
16 Karel Abraham CZE Reale Avintia Ducati (GP18) +2.099s 15/17 298k
17 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +2.102s 18/18 293k
18 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19) +2.130s 7/9 299k
19 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)* +2.466s 18/19 301k
20 Andrea Iannone ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) +2.516s 13/16 294k
21 Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM Tech3 (RC16) +2.845s 13/18 293k
22 Jorge Lorenzo SPA Repsol Honda (RC213V) +2.895s 15/15 295k
23 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP18) +3.911s 12/17 296k

Sumber: Crash.net

Video Menarik MotoGP

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Indonesia Berhasil Pertahankan Kinerja Ekspor, Ini Rahasianya

Posted: 18 Oct 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasar ekspor tahun ini berada dalam kondisi yang tidak cukup baik, karena dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti perang dagang dan tendensi proteksionisme di beberapa negara tujuan ekspor. Namun, gejolak perekonomian global merupakan hal yang tidak terhindarkan dan berada di luar kontrol eksportir.

Namun demikian, Toyota dan grupnya di Indonesia termasuk Daihatsu, selalu berupaya untuk mempertahankan kinerja ekspor dengan melakukan berbagai studi seperti menjajaki peluang dan potensi di negara tujuan baru serta menambah varian ekspor dengan mengonversi model yang eksis menjadi kendaraan sesuai dengan peruntukannya seperti cash carrier, ambulans, dan kendaraan patroli polisi.

Sebagai buah dari hasil studi berkelanjutan untuk mengekspansi kiprah di pasar global, pada 2018 lalu ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota berhasil mencatatkan volume rekor baru yaitu melampaui angka 200 ribu untuk pertama kalinya atau dengan jumlah sebesar 206.000 unit.

Selanjutnya, pada 2019 ini ekspansi ekspor yang berhasil dilakukan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), antara lain menambah destinasi ekspor ke negara-negara di kawasan Amerika Tengah dan Selatan serta beberapa negara Mekong.

Selain mengekspor kendaraan utuh, yang mencapai 158.700 unit sepanjang Januari hingga September 2019, Toyota juga mengapalkan kendaraan terurai (Complete Knock Down/CKD) sebanyak 34,300 unit, mesin utuh tipe TR, dan NR baik yang berbasis bahan bakar bensin maupun etanol sebanyak 93.100 unit serta komponen kendaraan sebanyak 73,8 juta buah.

Sebanyak lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Pasifik, Timur Tengah, Amerika Tegah dan Selatan serta Afrika menjadi destinasi ekspor brand Toyota.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Tiga Hal Kontribusi Toyota

Posisi sebagai salah satu basis produksi dan ekspor di kawasan Asia Pasifik, memungkinkan Toyota Indonesia untuk berkontribusi dalam tiga hal. Pertama, pada upaya substitusi impor melalui produksi lokal untuk pasar dalam negeri dan penciptaan potensi pasar ekspor. Dengan demikian dapat memberikan peran positif dalam menjaga keseimbangan neraca perdagangan terutama untuk sektor industri otomotif.

Kedua, kontribusi pada kinerja ekspor otomotif. Produksi lokal kendaraan bermerek Toyota memberikan kontribusi sekitar 78 persen terhadap total ekspor kendaraan utuh dari Indonesia di tahun 2018 lalu. Ketiga, sebagai jembatan bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) pemasok komponen kendaraan lokal untuk dapat menembus pasar ekspor.

Tingginya tingkat kandungan dalam negeri produk-produk Toyota yang saat ini mencapai 75 persen hingga 94 persen menandakan bahwa hanya sebagian kecil dari komponen kendaraan bermerek Toyota yang menggunakan material impor. Hal ini juga memberi potensi pada penguatan pengembangan industri komponen lokal di Indonesia.

"Melihat ketiga peran penting tersebut, maka seperti yang saat ini tengah menjadi fokus pemerintah, kami memandang bahwa investasi yang berorientasi ekspor harus terus didorong, terlebih bagi industri dengan produk ekspor berteknologi tinggi atau bernilai tambah. Pengalaman selama 30 tahun dalam merambah pasar global membentuk DNA serta mentalitas Toyota dan grupnya di Indonesia untuk menghadirkan produk yang berorientasi ekspor," imbuh Bob Azam Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (18/10/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahu Cara Menyenangkan Diri Sendiri, Ini 4 Zodiak yang Paling Sering Masturbasi

Posted: 18 Oct 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masturbasi sering dikaitkan dengan stigma negatif. Padahal, pada kenyataannya banyak manfaat medis dan psikologis dari masturbasi. Sebut saja, mencegah depresi, mengurangi risiko kanker serviks, membantu Anda tidur, mengurangi risiko kanker prostat, bahkan meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, bicara soal masturbasi, ternyata ada beberapa zodiak yang gemar melakukannya. Bukan karena mereka berpikiran kotor, namun karena mereka tahu pasti cara memuaskan diri sendiri.

Zodiak apa saja yang paling sering bermasturbasi? Melansir dari Elite Daily, ini dia.

1. Taurus

Taurus tahu cara memanjakan diri. Mereka tahu cara bersenang-senang, termasuk dengan diri sendiri. Taurus memiliki beberapa cara masturbasi kesukaan mereka dan melakukannya tergantung pada suasana hati.

Bagi mereka, tak ada masalah apakah melakukannya di kamar mandi atau mengenakan pakaian dalam seksi yang membuat mereka terlihat begitu menggoda di mata mereka sendiri.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2. Gemini

Ilustrasi pria masturbasi (iStockphoto)

Gemini dikenal bermuka dua, padahal mereka sebenarnya bisa berdaptasi pada situasi apapun. Akibatnya, mereka tak memiliki masalah mengikuti apa yang diri mereka inginkan.

Jika tiba-tiba mereka ingin bermasturbasi, mereka akan melakukannya. Gemini bisa terpancing karena berbagai hal, mulai dari adegan seks panas di tv hingga saat melihat mainan seks favorit mereka.

 

3. Aries

Ilustrasi orgasme wanita (iStockphoto)

Aries bersifat independen dan tahu bagaimana menyelesaikan pekerjaan. Tak ada yang bisa menghentikan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Termasuk seks.

Namun, bila memang sedang tak ada pasangan, Aries pun tak ada masalah membuat 'nyaman' diri mereka sendiri. Mereka tahu dengan pasti apa yang bekerja untuk tubuh mereka.

 

4. Libra

Ilustrasi pria masturbasi (iStockphoto)

Tujuan hidup Libra adalah merasa baik. Libra adalah pecinta seks solo yang produktif. Mereka tahu persis bagaimana menyentuh tubuh mereka untuk mencapai berbagai jenis orgasme.

Mereka selalu berpikir tentang mainan seks baru apa yang akan ditambahkan ke koleksi mereka. Tapi jangan lupa, tangan mereka adalah sahabat mereka dalam bermasturbasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Senandung Patah Hati Didi Kempot Berbaur Semangat Pencinta VW Yogyakarta

Posted: 18 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 akan menutup perhelatannya dengan menampilkan Didi Kempot. Penyanyi campursari yang mendapat julukan The Godfather Of Broken Heart ini dijadwalkan akan mengisi panggung JVWF 2019 pada Minggu, 10 November 2019.

JVWF 2019 punya alasan khusus mengusung Didi Kempot sebagai bintang tamu utama. Bukan sekadar ikut-ikutan tren menghadirkan Didi Kempot di berbagai perhelatan sejenis.

"Kami sudah merencanakannya jauh-jauh hari, keberadaan Didi Kempot selaras dengan tema yang diangkat JVWF pada tahun ini," ujar Tjahyo Widjojono, Ketua JVWF 2019, dalam jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (18/10/2019).

Ia menilai Didi Kempot mewakili perasaan berbagai kalangan. Perjalanan kariernya pun dimulai dari nol yang menggambarkan sisi kepahlawanan Didi Kempot. Hal ini sejalan dengan tema Soul Of A Hero yang menjadi semangat penyelenggaraan JVWF 2019.

Selain bertepatan dengan Hari Pahlawan, tema ini juga pas sebagai representasi perjalanan festival VW ini. Ia mengungkapkan sesuai ungkapan Bung Hatta, pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.

"Kalimat ini menjadi semangat kami dan cita-cita mulai nampak, JVWF diakui sebagai salah satu perhelatan internasional yang disejajarkan event VW di Eropa dan Amerika," kata Tjahyo.

Selain Didi Kempot, acara ini juga akan menampilkan musisi lokal dari berbagai komunitas, seperti jazz, blues, rock, reggae, dan sejumlah grup band lokal Yogyakarta.

 

Rangkaian Acara Pra JVWF 2019

JVWF 2019 akan menghadirkan Didi Kempot sebagai bintang utama panggung hiburan acara VW dua tahunan ini. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

JVWF 2019 akan digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 9 sampai 10 November mendatang. Rangkaian kegiatan JVWF dirangkum dalam kegiatan pra JVWF, diawali dengan Road to JVWF yang diadakan setiap Selasa malam selama Oktober 2019 di Asmara Coffees Shop.

Acara itu diisi oleh band-band lokal yang akan mengisi panggung musik di JVWF 2019. Kegiatan pra JVWF yang lain yang akan diadakan adalah lomba paper craft untuk anak-anak yang akan dilaksanakan pada 3 November 2019 di Plaza Ambarrukmo. Kegiatan ini  bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak kepada dunia otomotif, khususnya VW, sekaligus sebagai ajang promosi JVWF.

Ajang Drag VW Series juga akan digelar di di Lanud Gading Gunungkidul pada Minggu, 3 November 2019 untuk menyambut JVWF 2019. Acara bertajuk 201 On Jogja ini menawarkan balapan di lintasan sepanjang 201 meter untuk memperebutkan piala Ketua Volkswagen Indonesia Assosiation Komjend (Purn.) Nanan Soekarna dan Kepala Staff Angkatan Udara RI Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Dari kalangan pegiat seni, JVWF 2019 menggandeng Ardhyan Gecho, untuk menggarap art work JVWF 2019. Gecho adalah seorang seniman muda dan penyintas. Ia menggambar dengan tangan kirinya setelah sisi kanan tubuhnya melemah akibat stroke.

Selain itu, ada pula Ramadhan Arif Fatkhur seorang pelukis muda asal Jogja yang akan membuat instalasi seni khusus untuk JVWF pada media aluminium.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PUPR: Program Satu Juta Rumah Lampaui Target

Posted: 18 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan melaporkan, pembangunan rumah yang terdata dalam Program Satu Juta Rumah hingga 14 Oktober 2019 telah mencapai angka 1.002.317 unit.

"Alhamdulillah per tanggal 14 Oktober 2019 capaian sejuta rumah sudah melewati angka satu juta, yakni mencapai angka 1.002.317 unit," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam sebuah keterangan tertulis, Sabtu (19/10/2019).

Berdasarkan data yang dimiliki Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, capaian Program Satu Juta hingga 14 Oktober terbagi atas rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 706.440 unit (70 persen) dan non-MBR sebanyak 295.877 unit (30 persen).

Perolehan ini berasal dari pembangunan yang dibangun oleh Kementerian PUPR 189.614 unit, kementerian/lembaga lain 10.582 unit, pemerintah daerah (pemda) 27.358 unit, pengembang 472.203 unit, Corporate Social Responsibility (CSR) 101 unit, dan masyarakat 6.582 unit.

Total capaian pembangunan rumah untuk MBR sampai saat ini 706.440 unit. Sedangkan pembangunan perumahan untuk non-MBR berasal dari pengembang 292.268 unit dan masyarakat 3.609 unit, sehingga kalkulasi total sebanyak 295.877 unit.

Sejak mulai diinisiasi pada 2015, program satu juta rumah ini hingga 2018 lalu telah menyediakan rumah sebanyak 3.542.318 unit. Dengan catatan tersebut, bila ditambah dengan penyaluran per Oktober 2019, program Satu Juta Rumah telah menyalurkan total hunian sebanyak 4.544.635 unit rumah.

 

Kelanjutan Programnya

Pengunjung melihat maket perumahan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Dengan dilonggarkannya rasio LTV, BI optimistis pertumbuhan KPR bertambah 3,7%year on year (yoy) hingga semester I-2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Terkait keberlanjutan Program Satu Juta Rumah tahun depan, Khalawi menyatakan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyampaikan bahwa ini akan tetap dilaksanakan.

Namun demikian, pemerintah ke depan akan melaksanakan Program Satu Juta Rumah dengan berbagai penguatan di berbagai sektor bidang perumahan.

"Kami juga akan mendorong Pembangunan Perumahan Berbasis Komunitas (P2BK), pembangunan perumahan berskala besar, optimalisasi Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dan BP2BT serta koordinasi dengan kementerian/lembaga dan pemda," tukas Khalawi.

Investor Asing Mulai Lirik Program Satu Juta Rumah

Dana yang dikucurkan jelang dua minggu sebelum Hari Raya ini sangat potensial untuk dialokasikan sebagai dana tambahan untuk uang muka rumah.

Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rupanya mulai dilirik sejumlah investor asing yang ingin berinvestasi di sektor properti Indonesia.

Direktor Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, adanya Program Satu Juta Rumah memang diharapkan dapat mendorong masuknya investasi untuk pembangunan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Sudah banyak investor asing yang datang kepada saya untuk berinvestasi di sektor properti, khususnya pembangunan rumah untuk MBR," ujar Khalawi dalam sebuah keterangan tertulis, Sabtu (14/9/2019).

Menurut dia, adanya Program Satu Juta Rumah dinilai para investor sangat positif. Hal itu dikarenakan kebutuhan rumah untuk masyarakat di Indonesia yang masih cukup tinggi.

Dia menyampaikan, beberapa invetor asing yang menyatakan minatnya untuk berinvetasi di sektor properti antara lain berasal dari Korea Selatan, Cina, dan sejumlah negara lainnya. Meskipun demikian, pihaknya berharap adanya investor asing yang mulai melirik bisnis properti jangan dianggap sebagai ancaman bagi pengembang perumahan dalam negeri.

"Investor dari Korea, Cina, dan sejumlah negara lainnya sangat berminat sekali untuk membangun rumah untuk MBR. Mereka tertarik dengan program pemerintah Indonesia yang mendorong pembangunan rumah untuk masyarakatnya. Sebab di negara lain program seperti itu belum ada," terangnya.

Guna mengundang masuknya investasi di sektor properti, lanjutnya, pemerintah terus berupaya mempermudah perizinan. Adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 64 Tahun 2016 tentang Pembangunan Perumahan untuk MBR dinilai akan mampu mendorong capaian Program Satu Juta Rumah di Indonesia.

Khalawi menambahkan, pemerintah juga tetap otimis target Program Satu Juta Rumah pada tahun ini bisa mencapai angka 1,25 juta seperti yang telah ditetapkan sebelumnya. Apalagi saat ini pengembang di Indonesia seperti Real Estate Indonesia (REI) juga aktif dalam menggandeng kerjasama dengan pihak luar.

"Dalam PP ini kami ingin mendorong pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan untuk perizinan pembangunan rumah MBR. Sebab mereka memiliki otonomi untuk memberikan perizinan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Sambal Khas dan Ikonik Indonesia

Posted: 18 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sambal memang pelengkap sajian yang memperkaya rasa. Bagi para penikmat sambal, makanan mungkin akan terasa hambar tanpanya, apalagi bagi orang Indonesia.

Menu yang satu ini membuat selera makan jadi naik, dan inginnya nambah nasi lagi, lagi, dan lagi. Pedas memang dapat memberikan warna atau sensasi tersendiri bagi makanan. Sambal sendiri punya bahan utama cabai, yang memberikan rasa pedas dan unik.

Indonesia memiliki banyak jenis sambal yang terkenal nikmat. Namun, sejumlah sambal memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan ada sambal yang sangat terkenal dan ikonik dari beberapa daerah di Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam sambal khas yang ikonik dari berbagai daerah di Indonesia, serta pendapat chef terkenal tentang sambal-sambal berikut ini.

Sambal Bawang

Sambal bawang termasuk favorit banyak orang, Sambal khas Jawa Timur ini biasanya dijadikan teman makan ayam geprek di restoran kekinian. Bahan cabai ini sederhana saja yaitu cabai rawit merah, bawang merah dan bawang putih yang diulek mentah lalu disiram minyak panas.

"Sambal bawang ini paling sederhana bahan-bahannya, tinggal bagaimana menguleknya. Dari tampilannya saja sudah terasa pedasnya tapi memang disukai banyak orang," ujar Chef Yuda Bustara pada Liputan6.com, saat ditemui di sebuah acara di Jakarta, baru-baru ini.

Sambal Cabai Hijau

Sambal cabai hijau atau cabe ijo identik dengan daerah Sumatera Barat, tapi juga banyak dijumpai di daerah lainnya di Indonesia.  "Sambal cabe ijo ada di tiap daerah tapi memang identik dengan masakan Padang atau Minang, ucap Chef Yuda.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan cabai hijau muda, bawang putih, bawang merah, gula, garam, dan sedikit minyak.

Terkadang ada campuran petai, jengkol, atau ikan asin yang semakin membuat rasa sambalnya beragam. Sambal ini cocok buat masakan bersantan tapi tetap enak buat jenis masakan lainnya.

Sambal Matah

Sambal matah/copyright: shutterstock

Sambal khas Bali ini bisa dibilang jadi sambal kekinian di beberapa kafe dan restoran. Biasanya disandingkan dengan makanan kekinian lainnya yaitu ayam geprek, sambal matah dibuat dari campuran bawang merah, daun jeruk purut, cabai rawit merah, dan jeruk nipis.

Sambal matah biasa disajikan jadi pelengkap kuliner khas Bali, seperti nasi campur dan sate lilit, dan ternyata bisa cocok dengan berbagai menu makanan lain seperti ayam geprek yang lagi hits.

Sambal Bajak

Sambal bajak juga termasuk ikonik dan legendaris yang berasal dari Jawa Tengah. Nama sambal bajak diambil dari sejarah pembuatan sambal ini.

Sambal ini sering dibawa ibu-ibu petani yang membawakan masakan untuk para petani yang sedang membajak sawah, karena itu dinamakan sambal bajak.

"Rasanya nggak terlalu pedas tapi ada rasa gurihnya yang pas sama lidah orang Indonesia," terang Chef Ragil saat dihubungi Liputan6.com, 18 Oktober 2019. Bahan utama sambal bajak adalah cabai merah, bawang merah, tomat merah, plus terasi, garam dan gula.

Sambal Dabu-Dabu

Ilustrasi sambal dabu-dabu./Copyright shutterstock.com

Sambal ikonik ini merupakan sambal khas Manado. Mirip dengan sambal matah, sambal dabu-dabu ini cukup diiris-iris saja dan tidak dihaluskan.

Cara membuatnya juga kurang lebih sama seperti sambal matah, bedanya tentu pada bahan-bahannya. Kalau sambal matah menggunakan kecombrang dan serai sebagai bahan khasnya, dabu-dabu menggunakan tomat.

Biasanya sambal ini dijadikan pelengkap makanan laut alias seafood. Aromanya juga segar dan wangi karena biasanya ditambahkan kemangi.

Sambal Terasi

Sambal terasi adalah sambal favorit banyak orang. Sambal ini sebenarnya termasuk jenis sambal mentah. Namun belakangan banyak juga yang dimasak dan bahkan dikemas dalam botol serta dijual di berbagai warung dan mini market.

Sambal khas Sunda ini biasa menjadi teman untuk makan sambil menyantap lalapan khas seperti timun, kol, kemangi, atau selada.Sambal ini menggunakan terasi atau belacan sebagai bahan utamanya.

Terasi sendiri terbuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan dan dibentuk menjadi pasta. Wanginya terasi ini sangat khas. "Ini sambal khas Indonesia yang popular dan banyak disukai karena bisa disantap dengan berbagai macam masakan," ujar Chef Ragil.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Trauma, Ifan Seventeen Merinding Setiap Dengar Suara Ambulans

Posted: 18 Oct 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memulihkan kondisi mental setelah mengalami bencana alam, bukan hal yang mudah bagi Ifan Seventeen. Suasana menakutkan kala tsunami terjadi meninggalkan kenangan buruk bagi dirinya.

Ketika pertama kali manggung usai peristiwa tsunami yang menimpanya, Ifan Seventeen mengalami kejadian tak terduga. Tepat sepuluh hari setelah tsunami melanda kawasan Banten, pelantun "Menemukanmu" ini nekat kembali bernyanyi di atas panggung dan berakhir tak sadarkan diri.

"Kan gue jalan tuh, melihat panggung, lighting, segala macem. Gue kayak, 'Bismillah, kuat', terus duduk dan bangkunya gue puter. Yang tadinya menghadap panggung, gua puter jadi membelakangi panggung. Pas baru duduk beberapa detik, tiba-tiba blackout," cerita Ifan Seventeen, di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

 

Merinding

Ifan Seventeen dan Dylan Sahara

Ifan Seventeen kemudian juga mengatakan bahwa dirinya masih trauma jika harus melihat pantai dan laut. Namun, ada hal lain yang hingga kini membuat Ifan Seventeen kerap merinding. 

"Jadi yang pertama kali yang gue rasa aneh tuh ambulans. Karena dalam tiga hari itu, setiap lima detik sekali ada ambulan yang lewat. Jadi sampai sekarang, kalau gue dengar ada suara ambulans, itu sebadan-badan merinding," kata Ifan.

 

Aneh

Ifan Seventeen (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Disampaikan Ifan Seventeen, awalnya ia merasa aneh dengan kondisi tersebut. Ifan juga tidak mengetahui mengapa bulu kuduknya berdiri setiap kali suara ambulans terdengar di telinganya. 

"Awal-awalnya gue merasa, 'kayak anak kecil banget. Udah tua, masih aja'. Tapi enggak tahu deh, sampai sekarang kalau dengar suara ambulans tuh masih merinding. Apalagi pantai," tuturnya.

 

Single

Namun meski begitu, Ifan Seventeen tetap bisa menyapa para pecinta musik Tanah Air dengan single solo perdananya berjudul "Masih Harus Di Sini". 

Lagu "Masih Harus Di Sini" bercerita tentang seseorang yang merasa sangat kehilangan atas kepergian orang yang dicintainya. Namun, kondisi tersebut tak mematahkan semangatnya untuk terus menjalani kehidupan. 

 

David NOAH

Yang menarik, David NOAH ternyata menjadi sosok dibalik terciptanya lagu "Masih Harus Di Sini". David NOAH merasa empati dengan kejadian nahas yang menimpa sahabatnya tersebut. Oleh karena itu, David NOAH secara spontan membuat lagu ini sebagai motivasi bagi Ifan Seventeen.

"David adalah salah satu sahabat yang setelah kejadian (tsunami), kasih support banget. Sebenarnya H+1 (kejadian tsunami Banten), dia ciptain lagu ini untuk aku. Setelah enam bulan, aku baru dapat kabar kalau David buatkan aku lagu. Jadi dia menjaga sampai aku siap," ujar Ifan Seventeen.  

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: