Kamis, 10 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gebyar Budaya Betawi dan Sisi Lain Jakarta Meriahkan Welcoming Event For Parliament Members

Posted: 10 Oct 2019 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Plaza Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta selama dua hari ini yakni Kamis dan Jumat tanggal 10-11 Oktober 2019 ramai digelar acara Welcoming Event For Parliament Members bertema 'Gebyar Budaya Betawi dan Sisi Lain Jakarta'.

Acara yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta dengan didukung Lembaga MPR, DPR dan DPD ini selain menampilkan berbagai kekhasan kebudayaan Betawi seperti seni tari Betawi, kuliner khas Betawi, seni musik khas Betawi, busana khas Betawi, juga menampilkan 'Sisi Lain Jakarta' dalam bingkai pameran workshop potography, lomba foto, demo membatik, demo menyulam, demo membuat boneka, fashion show, pertunjukan tari kolosal anak dan parade busana 34 provinsi.

Seremoni peresmian dan pembukaan acara secara resmi yang digelar di panggung utama, plaza Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/10/2019) dihadiri Pimpinan DPD RI, Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI Siti Fauziah mewakili MPR RI dan perwakilan DPR RI serta dihadiri juga oleh ratusan pengunjung dari berbagai elemen masyarakat.

Usai seremoni peresmian dan pembukaan acara, Siti Fauziah menyampaikan apresiasinya atas nama pribadi dan juga atas nama MPR atas terselanggaranya acara tersebut di lingkungan parlemen.

"Saya sangat apresiasi dan sangat mendukung upaya-upaya pelestarian budaya seperti acara ini, sebab kebudayaan Indonesia adalah kekayaan bangsa yang harus mendapat perhatian serius agar generasi muda tak kehilangan kebudayaannya sendiri. Dan luar biasanya di acara ini sebagian besar pesertanya dan pelakunya dari anak-anak muda juga, ini saya salut," katanya.

Terkait budaya Betawi yang menjadi titik sentral acara tersebut, Siti Fauziah mengungkapkan bahwa belum tentu seluruh penduduk Jakarta yang juga beragam mengetahui budaya Betawi seperti pakaiannya, makanannya, keseniannya, bahasanya dan lain sebagainya.

 

Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI Siti Fauziah.

"Momen Gebyar Budaya Betawi ini bermanfaat sekali agar masyarakat Jakarta memahami dan mengenal budaya daerah yang menjadi tempat tinggalnya sekarang. Saya harap kerjasama menggelar kegiatan seperti ini tak berhenti sampai disini tapi terus berlangsung ke depannya dengan menampilkan juga budaya-budaya daerah lain," ujar wanita yang akrab disapa Bu Titi ini, seraya jarinya sibuk menyulam khas sulaman Betawi.

Acara hari pertama sendiri diisi dengan berbagai kegiatan secara bergantian seperti antara lain di panggung utama ada pagelaran tari khas Betawi, pagelaran musik dan seni suara khas Betawi, lalu di sisi panggung ada pameran adat istiadat dipadu kuliner Betawi seperti budaya 'Meja Nyai' yakni budaya meja panjang yang tertata berbagai jenis kuliner jajanan pasar khas Betawi seperti nastar, kue semprit, kue satu, kue kiju, dodol, aneka manisan, sirup-sirup manis berbagai warna yang biasanya sesuai budaya hanya ada saat acara lebaran atau perayaan Hari raya Iedul Fitri.

Acara selanjutnya adalah workshop potography oleh fotografer terkemuka Darwis Triadi serta pameran poto berbagai sisi di Jakarta hasil 'jepretan' kamera foto Darwis Triadi dan beberapa fotografer lainnya bahkan karya almarhumah Ibu Ani Yudhoyono istri Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang terkenal hobi potography pun ikut dipamerkan yang sebagian besar bertema sisi-sisi Jakarta.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Seram, Ini 6 Kuburan Paling Indah dan Unik di Dunia

Posted: 10 Oct 2019 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar kata makam atau kuburan yang terlintas pasti tempat menyeramkan dan gelap. Kuburan sendiri memang menjadi tempat peristirahatan terakhir manusia. Seperti yang kita tahu, kuburan juga merupakan tempat untuk mengubur jasad-jasad orang-orang yang telah meninggal.

Tak heran jika kuburan selalu dikait-kaitan dengan hal-hal mistis. Biasanya orang mengunjungi kuburan untuk mendoakan saudara atau kerabat yang telah meninggal. Tapi apakah kamu pernah melihat kuburan yang indah? Pasti kamu berpikir mustahil, karena memang kebanyakan kuburan di belahan dunia ini terlihat seram.

Tapi jangan salah ternyata kuburan indah itu memang benar adanya. Alih-alih seram, kuburan-kuburan ini justru terlihat sangat indah seperti taman. Bahkan banyak orang yang bilang bahwa kuburan ini justru instagramable. Beberapa negara bahkan membangun kuburan yang indah dan menarik banyak wisatawan dunia.

Mereka berhasil menyulap suasana angker dari kuburan menjadi sebuah taman indah yang cantik. Berikut 6 kuburan paling indah yang Liputan6.com lansir dari Mental Floss, Jumat (11/10/2019).

1. Valley of The Kings, Mesir

Kuburan Paling Indah dan Unik di Dunia (sumber: mentafloss)

Salah satu kuburan paling indah di dunia adalah tempat peristirahatan terakhir para raja Mesir. Valley of The Kings juga masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Destinasi bersejarah ini punya tampilan yang megah dan indah.

Pada bagian bawah tanah Valley of The Kings terdapat mumi-mumi yang tersimpan dengan apik di dalam peti mati. Ada juga, harta karun berupa perhiasan atau patung emas juga masih terjaga rapi di sana.

2. Mirogoj, Kroasia

Kuburan Paling Indah dan Unik di Dunia (sumber: mentafloss)

Selain indah kuburan Mirogoj di Kroasia ini juga unik banget. Selain berfungsi sebagai pemakaman, Mirogoj juga dijadikan sebagai galeri seni para pelukis, pematung, atau pemahat Kroasia. Kuburan satu ini juga disebut-sebut sebagai yang terindah di Eropa. Saking indahnya kamu serasa bukan sedang berada di kuburan.

3. Recoleta Cemetery, Argentina

Kuburan Paling Indah dan Unik di Dunia (sumber: mentafloss)

Recoleta Cemetery merupakan salah satu kuburan indah yang terletak di Buenos Aires, Argentina. Kuburan indah ini menjadi tempat persemanyaman para pejabat di Argentina. Beberapa orang ternama yang dimakamkan di sini adalah Eva Perón, Raúl Alfonsín, dan beberapa presiden Argentina.

Pintu masuk ke kuburan berbentuk gapura neo-klasik. Pemakaman ini juga berisi makam marmer yang dihiasi dengan patung-patung dalam berbagai macam gaya arsitektur seperti Art Deco, Art Nouveau, Baroque, dan Neo-Gothic.

4. Green-Wood Cemetery, New York, Amerika Serikat

Kuburan Paling Indah dan Unik di Dunia (sumber: mentafloss)

Green-Wood Cemetery terletak di atas bukit dengan ketinggian 60 meter di atas permukaan laut. Kompleks pemakaman ini punya bangunan yang elegan dan mempunyai berbagai macam desain.

Kuburan yang dibangun pada 1838 ini adalah kompleks pemakaman paling indah di New York. Tak heran banyak turis yang berkunjung ke kuburan ini yang konon harganya bisa mencapai Rp 15 juta untuk model nisan biasa.

5. San Diego Hills Memorial Park, Indonesia

Kuburan Paling Indah dan Unik di Dunia (sumber: sandiegohills)

San Diego Hills Memorial Park dan Funeral Homes adalah pemakaman pribadi yang terletak di Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Didirikan pada Januari 2007, San Diego Hills adalah kuburan pertama di dunia yang menggabungkan konsep pemakaman yang elegan dari Forest Lawn dengan budaya Indonesia.

Pemakaman ini merupakan salah satu unit usaha dari perusahaan properti Lippo Karawaci. San Diego Hills memiliki luas lahan sekitar 350 hektare. Sebanyak 250 hektare di antaranya sudah berdiri pemakaman dan fasilitas lainnya seperti pusat rekreasi keluarga, foodmart, forestcapel, dan sarana olahraga serta danau.

6. Skogskyrkogarden, Swedia

Kuburan Paling Indah dan Unik di Dunia (sumber: mentafloss)

Selain Valley of The Kings, kuburan Skogskyrkogarden di Swedia juga masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Kuburan ini merupakan hasil dari rancangan dua arsitek terkenal Swedia Gunnar Asplund dan Sigurd Lewerentz.

Dulunya Skogskyrkogarden ini adalah tempat bekas tambang, tapi kedua arsitek tersebut mengubahnya menjadi tempat peristirahatan terakhir yang sangat indah. Kuburan ini memiliki konsep hutan yang di mana setiap batu nisanya disusun secara cantik di padang rumput.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Siswa SD Papua, Jokowi Janji Segera Kunjungi Sentani dan Wamena

Posted: 10 Oct 2019 11:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji segera mengunjungi Sentani dan Wamena, Papua. Hal ini dikatakan Jokowi saat berdialog dengan perwakilan siswa SD asal Jayapura dan Sentani, Papua di Istana Merdeka Jakarta.

Adapun siswa yang datang berasal dari SDN Inpres Kemiri, Sentani, Jayapura dan siswa SDN Inpres Mbait dan SDN YPPK AGATS. SDN Inpers Kemiri adalah siswa-siswa yang sekolahnya terkena banjir bandang Sentani.

Salah satu siswa SD Inpres Kemiri Sentani menyampaikan pesan warganya agar pemerintah segera merampungkan pembangunan rumah yang terkena banjir bandang Sentani. Jokowi pun berjanji segera mengunjungi Sentani dan Wamena.

"Kami juga berterima kasih karena Pak Presiden sekolah kami bisa dipakai kembali. Pesan-pesan dari warga memohon rumah yang dibangun bisa cepat selesai," kata siswa tersebut kepada Jokowi di Istana Merdaka Jakarta, Jumat (11/10/2019).

"Nanti saya lihat, nanti kalau Pak Presiden ke Papua, saya lihat ke Sentani, saya mau ke Wamena. Belajar yang baik," ucap Jokowi menanggapi.

Jokowi mengaku ingin meninjau banjir bandang di Sentani, yang terakhir dikunjunginya pada Maret 2019 lalu. Dia mengaku, kunjungannya ke Bumi Cenderawasih itu kini masih diatur oleh Kementerian Sekretariat Negara.

"Masih dalam rencana. Jadi segera mungkin," ujarnya.

Saat bertemu dengan para siswa Maret lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pernah berjanji mengajak anak-anak tersebut untuk berkunjung ke Jakarta. Dan kini mereka diundang ke Istana Kepresidenan.

"Yang penting Pak Presiden bulan Maret janji, waktu bapak ke lapangan (tinjau) banjir Sentani bertemu dan janji akan mengundang ke Jakarta. Yang penting janjinya sudah ditepati," kata Jokowi.

 

Keliling Jakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bercengkerama dengan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Jokowi menerima kedatangan 30 anak-anak sekolah dasar dari Jayapura dan Asmat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mantan Walikota Solo itu sempat menanyakan lokasi apa yang ingin dikunjungi anak-anak SD. Mereka pun menyampaikan kepada Jokowi ingin berjalan-jalan ke Monumen Nasional (Monas), naik Moda Raya Terpadu (MRT), hingga ke Dufan Ancol.

"Pengen ke Monas. Terus mau kemana lagi? Naik kereta. Pengen naik kereta bawah tanah. Pengen ke stadion. Terus mau kemana Dufan. Kemana lagi? TMII boleh," tutur Jokowi.

Dia pun memastikan anak-anak dapat mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Para siswa pun tampak senang dijanjikan hal itu.

"Terimaksih Pak Presiden telah mengundang kami ke Jakarta sekarang. Kita bisa tiba dan melihat Jakarta," ucap anak SD asal Sentani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Batu yang Menghantam Permukiman Warga Purwakarta Belum Dievakuasi

Posted: 10 Oct 2019 11:14 PM PDT

Liputan6.com, Purwakarta - Pascahujan batu yang menghantam permukiman warga di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, operasional tambang batu dari PT MSS masih dihentikan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (11/10/2019), puluhan kendaraan truk yang biasa hilir mudik, kini dibiarkan terparkir di sekitar pabrik.

Sementara itu, akses jalan menuju lokasi yang kemarin sempat ditutup, kini sudah kembali dibuka. Meski demikian, evakuasi batu belum juga dilakukan.

Warga yang rumahnya hancur kini hanya bisa mengungsi ke rumah saudara dan menunggu realisasi kompensasi yang telah disepakati dengan pihak perusahaan.

Mereka juga masih khawatir akan adanya hujan batu susulan.

Pihak kepolisian Purwakarta telah memeriksa enam orang saksi dari pihak perusahaan dan menunggu kajian dari Tim Dinas Pertambangan. Untuk selanjutnya berkoordinasi dengan tim khusus yang dibentuk Polda Jabar.

Sebelumnya, hujan batu menerjang Desa Sukamulya, Selasa siang, 8 Oktober 2019. Akibat dari kejadian tersebut, tujuh rumah warga dan satu bangunan sekolah rusak tertimpa batu besar yang meluncur dari atas gunung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang dari Ruang Angkasa, Astronot Arab Buktikan Bumi Tidak Datar

Posted: 10 Oct 2019 11:11 PM PDT

Liputan6.com, Arab Saudi - Teori konspirasi terkait bentuk Bumi apakah datar atau bulat, sudah dibicarakan sejak dahulu hingga saat ini. Namun, seorang astronot asal Arab membuktikan bahwa Bumi memiliki bentuk bulat setelah melihatnya sendiri dari ruang angkasa.

Adalah Hazza Al Mansouri, astronot pertama Uni Emirat Arab yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Ia mengatakan, misi itu hanyalah awal dari ekspedisi ruang angkasa untuk negerinya. 

"Itu (Bumi) berbentuk bulat, aku sudah melihatnya dengan mataku sehingga aku bisa mengatakan ini kepada mu," ujarnya seperti mengutip dari laman The National pada Jumat (11/10/2019).

Pernyataan ini ia jawab setelah ditanya terkait teori konspirasi bahwa Bumi itu datar, bukan bulat. Alhasil, tawa dari astronot dan semua orang di ruangan itu pun pecah.

Selama di ruang angkasa, ia juga membagikan foto di akun twitter-nya sebagai bukti bahwa bentuk Bumi benar-benar bulat.

Misi Pertama untuk Uni Emirat di Masa Depan

Ilustrasi Astronot (iStock)

Mansouri juga berbicara tentang pentingnya misi delapan hari ke Stasiun Luar Angkasa Internasional yang dilakukannya.

"Pesan kami benar-benar untuk membuat model kamis sendiri di negara kami, di wilayah Arab, seperti yang kami lihat di Yuri Gagarin --manusia pertama di luar angkasa," katanya.

Mengacu pada 'waktu berikutnya', Mansouri mengatakan dia berharap negara Arab lainnya juga memiliki kesempatan untuk pergi ke ruang angkasa.

"Sekarang misi saya adalah untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman saya dari pelatihan saya di Star City dan naik ke stasiun astronot berikutnya, saya pun berharap astronot lain akan melakukan lebih baik daripada saya," ucapnya.

Belajar Berbagai Bahasa

Ilustrasi astronot (NASA)

Mansouri berangkat dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan dengan roket Soyuz Rusia pada 25 September. Dia kembali pada 3 Oktober setelah melakukan serangkaian percobaan ilmiah di ISS.

Ketika ditanya pada hari Selasa apa kata-kata pertamanya saat mencapai Bumi, ia berkata "Ahamdullilah --terima kasih Tuhan."

Mansouri, yang belajar bahasa Rusia sebelum misinya itu, meningkatkan keterampilan bahasanya selama konferensi pers. Ia juga menjawab dalam bahasa Inggris, Arab, dan Rusia.

Sebelum melakukan misinya, ia ditanya hal apa yang paling dirindukan olehnya dari stasiun. "Hal yang paling saya rindukan adalah teman-teman di stasiun, orang-orang dari negara-negara internasional yang bekerja bersama untuk umat manusia," ungkapnya.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya vs Borneo FC: David da Silva Usung Misi Khusus

Posted: 10 Oct 2019 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Bomber Persebaya, David da Silva berambisi mengantarkan kemenangan untuk timnya dalam laga kontra Borneo FC malam nanti. Pemain asal Brasil itu menyebut, mereka harus bermain maksimal agar tetap bertahan di papan atas klasemen Shopee Liga 1 hingga akhir musim.

"Kami harus menang. Kami butuh tiga poin," kata Da Silva, yang sudah mencetak enam gol. "Kita harus berjuang dari satu pertandingan ke pertandingan untuk meraih hasil maksimal, agar peringkat Persebaya terus naik," ujar Da Silva melalui Persebaya.id.

Tim asal Jawa Timur ini memang masih memiliki banyak pertandingan di musim ini. Namun, pemain yang kerap di panggil Da Silva itu berharap agar Persebaya tidak lengah.

"Setidaknya peluang kita untuk mengejar peringkat kedua masih terbuka, dan itu tidak boleh kita sia-siakan," top skorer Persebaya musim lalu dengan 20 gol itu menegaskan.

Pertemuan antara Bajul Ijo lawan Pesut Etan yang akan disiarkan di Indosiar ini, akan digelar di Stadio Gelora Bung Tomo (GBT). Pertandingan ini akan menjadi laga kandang kedua bagi Persebaya di putaran kedua Shopee Liga 1 2019.

 

Dua Gol Kandang

Striker Persebaya Surabaya, David Da Silva, saat melawan Bhayangkara FC pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (31/8). (Bola.com/Yoppy Renato)

Da Silva sendiri sudah menyumbangkan dua gol dalam laga kandang yaitu saat bertemu Bhayangkara FC dan PSIS Semarang. Dari banyak gol yang dihasilkan, pemain dengan nomor punggung 7 itu belum pernah mencetak gol di GBT.

"Mencetak gol adalah tugas saya. Namun, yang terpenting adalah tim menang. Saya bisa memberikan assist atau key pas. Sekali lagi, paling penting kita meraih kemenangan," jelasnya.

 

Asah Kaki dan Kepala

Untuk pertandingan nanti malam, Da Silva sudah memantapkan diri dengan berlatih keras. Dia selalu menambah porsi latihan sendiri dengan mengasah kemampuan kepala dan kakinya agar dapat memaksimalkan peluang untuk mencetak gol.

(Balwa Ramadhan/Mg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brasil vs Senegal: Neymar Cetak Rekor Baru

Posted: 10 Oct 2019 11:09 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Neymar gagal mencetak gol saat Brasil ditahan imbang Senegal 1-1 pada laga persahabatan di National Stadium, Singapura, Kamis malam (10/10/2019). Satu-satunya gol Tim Samba dalam duel ini dicetak oleh Roberto Firmino pada menit ke-9. Sayang keunggulan ini tidak bertahan karena Senegal berhasil menyamakan kedudukan lewat penalti Famara Diedhiou. 

Neymar tidak terlalu mencolok dalam duel ini. Namun pada menit ke-67, tendangan bebas mantan pemain Barcelona itu nyaris berbuah gol seandainya tidak melebar dari sasaran. 

Meski demikian, duel Brasil vs Senegal tetap merupakan momen spesial bagi Neymar. Sebab seperti dilansir Cgtn.com, pertandingan ini menjadi penampilan ke-100 Neymar bersama Tim Samba dan pemain 27 tahun itu menjadi pemain termuda yang meraih caps sebanyak itu.

Selama memperkuat Brasil, Neymar juga telah mencetak 61 gol. Neymar hanya tertinggal 1 gol dari Ronaldo yang berada di posisi kedua  top scorer tim Samba saat ini. Selain itu, Neymar butuh 16 gol lagi untuk mengejar rekor gol Pele yang pensiun dengan 96 caps. 

 

 

Prestasi Neymar

Neymar mencetak satu gol plus satu assist saat Timnas Brasil ditahan 2-2 Kolombia pada laga uji coba di Hard Rock Stadium, Miami, Florida, Sabtu (7/9/2019). (AFP/RHONA WISE)

Sejauh ini, Neymar belum banyak mendulang trofi bersama Brasil. Satu-satunya prestasi yang bisa dibanggakan baru sebatas medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu. 

Untuk ajang Piala Dunia, Neymar sejauh ini belum berjodoh. Pada Piala Dunia 2014 lalu, Neymar mengalami cedera punggung saat Brasil bertemu Kolombia di babak perempat final. Tanpa Neymar timnas Brasil dipermalukan oleh Jerman dengan skor 1-7 di semifinal. 

Neymar kembali tampil pada Piala Dunia Rusia 2018 lalu. Namun lagi-lagi langkah Timnas Brasil tidak jauh. Neymar cs terhenti di perempat final usai kalah dari timnas Belgia. 

Timnas Brasil sebenarnya berhasil merebut gelar juara Copa Amerika Juni lalu. Namun Neymar tidak ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini karena masih berkutat dengan cedera. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Kerusuhan Wamena Datangi Komnas HAM

Posted: 10 Oct 2019 11:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan Forum Lintas Paguyuban Provinsi Papua mendatangi Kantor Komnas HAM pada Jumat (11/10/2019) siang. Mereka merupakan korban kerusuhan di Wamena beberapa waktu lalu. Kedatangan mereka untuk menyerahkan pernyataan sikap dan mendesak Komnas HAM turun tangan menyelesaikan persoalan di Wamena.

Kuasa Hukum Forum Lintas Paguyuban Provinsi Papua, Iriansyah mengatakan apa yang terjadi di Wamena bukan hanya tragedi kemanusiaan, namun termasuk pelanggaran HAM berat. Karena itulah pihaknya berharap penyataan sikap yang mereka sampaikan bisa menjadi catatan bagi Komnas HAM untuk ditindaklanjuti.

"Kita mengantarkan pernyataan sikap paguyuban kepada Komnas HAM. Dengan harapan bahwa ini menjadi catatan bagi Komnas HAM. Jadi menjadi catatan Komnas HAM bahwa telah terjadi bukan hanya persoalan kemanusiaan tapi kita melihat persoalan tersebut juga harus menjadi persoalan hak asasi manusia yang kemudian harta bendanya hangus terbakar, dan kemudian orang banyak yang meninggal," jelasnya di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

Berdasarkan data pemerintah, kata Iriansyah, korban meninggal dunia akibat kerusuhan di Wamena mencapai 31 orang. Kemudian, kendaraan roda empat yang hangus 224 unit, kendaraan roda dua 150 unit, bangunan ruko hangus 465 unit, dan rumah tinggal dibakar 165 unit.

"Ini masih data pemerintah. Kita lagi menyesuaikan data-data ini apakah benar data yang diekspos pemerintah terkait korban harta, korban nyawa dan korban material," jelasnya.

Menurut Iriansyah, jika data dari paguyuban, korban meninggal dunia lebih banyak.

"Nanti kita akan validkan data tapi ini kita membuat pernyataan sikap dulu ke Komnas HAM dan biar ini menjadi perhatian Komnas HAM karena ini bukan hanya persoalan kemanusiaan tapi pelanggaran HAM yang terjadi di Kota Wamena," lanjutnya.

Iriansyah menyebutkan ada 17 paguyuban yang ada di Provinsi Papua. Selain melapor ke Komnas HAM, pihaknya juga akan menyampaikan pernyataan sikap tersebut ke DPR RI.

 

Komnas HAM Bentuk Tim

Menanggapi laporan tersebut, Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menyampaikan pihaknya telah membentuk tim untuk menangani kasus Papua yang beranggotakan empat komisioner. Khusus untuk penanganan kerusuhan Wamena tanggal 23-24 September lalu, Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Papua langsung ke Wamena untuk investigasi awal.

"Kemudian memberikan laporan temuan lapangan ke kami dan memberikan rekomendasi yang harus ditindaklanjuti negara," jelasnya.

Ada tujuh rekomendasi yang dihasilkan yaitu penguatan aparat keamanan untuk pemulihan kondisi di Wamena atau Papua pada umumnya; penanganan para pengungsi dan warga yang eksodus, bukan hanya kebutuhan dasar, tapi juga pemulihan mental dan lain sebagainya.

Kemudian penanganan korban luka; rekonsiliasi dalam masyarakat; membangun kembali gerakan pereekonomian di Wamena; aparat mengantisipasi adanya potensi kelompok militan yang kembali mempersiapkan kekerasan; serta pembangunan kembali fasilitas publik.

"Kami memandang ini bukan kerusuhan SARA, ini soal kejahatan kemanusiaan. Karena tak menyasar suku tertentu, semua bisa jadi korban," jelasnya.

Pekan depan, Beka mengatakan pihaknya akan mengunjungi Papua. Pihaknya akan bertemu gubernur, Kapolda, Pangdam, dan masyarakat. Data dan pernyataan sikap dari paguyuban tersebut akan disampaikan saat bertemu pihak terkait di Papua.

"Saya berterima kasih karena menambah materi yang akan kami sampaikan. Saya sepenuhnya sepakat dengan yang tadi disampaikan bahwa kejadian di Wamena ini tidak boleh terulang kembali. Harus ada jaminan dari pemerintah bahwa seluruh warga negara itu harus dilindungi. Bukan hanya soal nyawa, rasa aman tapi juga hak lain. Hak ekonomi hak sosialnya seperti apa. Itu akan jadi titik perhatian kami ketika mengunjungi Papua minggu depan" pungkasnya.

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ingat Euis Keluarga Cemara? Ini 6 Potret Terbarunya yang Bikin Pangling

Posted: 10 Oct 2019 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Serial televisi Keluarga Cemara menjadi salah satu sinetron Indonesia yang terkenal di era tahun 1990-an. Diperankan Adi Kurdi, Emak oleh Novia Kolopaking, Euis (Ceria Hade), Agis (Anisa Pujianti), dan Ara (Pudji Lestari) sinetron ini sukses mencuri perhatian masyarakat pada kala itu. 

Cerita yang menarik membuat Yandy Laurens pun tertarik mengangkat sinetron ini ke layar lebar, namun diperankan pemain yang berbeda. Ada Ringgo Agus Rahman sebagai Abah, Emak diperankan oleh Nirina Zubir, Euis oleh Zara JKT48 dan Widuri Puteri Sasono memerankan Ara. Film Keluarga Cemara ini sudah tayang pada Januari silam. 

Meski sudah diangkat ke layar lebar, para pemain sinetron Keluarga Cemara masih membekas di hati para penggemar. Salah satu sosok yang mencuri perhatian ialah, si sulung Euis yang diperankan oleh Ceria Hade. Teh Euis dikenal sebagai sosok kakak yang tegas, kuat dan sedikit galak. Meski begitu, ia sangat sayang dengan adik-adiknya, Ara dan Agis.

Puluhan tahun berlalu, batang hidung Ceria Hade pun tak pernah lagi muncul di layar kaca televisi.  Nyatanya, usai sinetron Keluarga Cemara tamat, ia tak lagi meneruskan kariernya di dunia hiburan. Dari laman Instagramnya, diketahui Ceria memilih menjadi pegawai bank.

Saat memerankan Teh Euis dulu, Ceria Hade masih remaja. Lantas, bagaimana ya potret Ceria saat ini? Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari akun Instagram Ceria, berikut Liputan6.com ulas 6 potret terbaru Ceria Hade, Jumat (11/10/2019)

1. Ini dia potret Ceria Hade saat memerankan karakter Euis. Jadi, bikin nostalgia ya?

Ceria Hade (Sumber: Instagram/ceria_hade)

2. Puluhan tahun berlalu, ini dia penampilan Teh Euis sekarang. Masih tetap cantik ya!

Ceria Hade (Sumber: Instagram/ceria_hade)

3. Tak pernah terdengar kabarnya, Ceria ternyata sudah menikah. Pria inilah yang mampu merebut hatinya!

Ceria Hade (Sumber: Instagram/ceria_hade)

4. Dari hasil pernikahannya, ia juga sudah dikaruniai dua buah hati yang tampan dan cantik.

Ceria Hade (Sumber: Instagram/ceria_hade)

5. Tak lagi meneruskan kariernya di dunia hiburan, kini Ceria menjadi pegawai bank loh!

Ceria Hade (Sumber: Instagram/ceria_hade)

6. Potret Ceria bersama Zara JKT48, sama-sama pemeran Euis nih! Sukses terus ya buat ya Ceria!

Ceria Hade (Sumber: Instagram/ceria_hade)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curug Cipurut, Suguhkan Tempat Wisata Menarik

Posted: 10 Oct 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berlokasi di Desa Sumurugul, Kecamatan wanayasa, Kabupaten Purwakarta, ada tempat wisata yang belum banyak diketahui orang. Namanya Curug Cipurut.

Curug Cipurut artinya air terjun Cipurut yang ada di kaki Gunung Burangrang dan terdaftar sebagai kawasan Cagar Alam Burangrang. Curug ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu curug utama dengan ketinggian 25 meter berada di paling ujung. Dua curug lainnya biasanya dijadikan tempat berseluncur para pengunjung berhubung tak terlalu tinggi dan lebih landai.

Ketika sampai di tempat ini, paling nikmat yang dilakukan adalah berendam atau mandi dari air terjun. Selain itu, keelokan Curug Cipurut mengajak banyak wisatawan tak hanya datang dan berkunjung sesaat. Mereka juga berkemah di kisaran air terjun.

Untuk menuju ke tempat ini, Anda bisa menempuh perjalanan selama satu jam dari Kota Purwakarta. Dari Kecamatan Wanayasa, letak curug ini sudah tidak terlalu jauh, hanya sekitar tiga kilometer. Nah kalau tak membawa kendaraan pribadi, ada beberapa kendaraan umum kok!

Setibanya di depan gerbang Desa Sumurugul sebelum Sahabat Purwakarta berjalan sedikit hingga tiba di muka curug. Hamparan persawahan, kebun teh, hingga pepohonan pinus yang berjajar, melengkapi kecantikan Cipurut.

Bosan dengan wisata kota? Mungkin ini saatnya Anda menikmati indahnya Curug Cipurut sambil berendam melepas penat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tex Saverio Rancang Khusus Gaun Puteri Indonesia 2019 di Miss Universe 2020

Posted: 10 Oct 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karya-karya terbaik desainer Tanah Air telah merengkuh kesuksesan di kancah internasional. Bahkan tak jarang, rancangan mereka digunakan oleh selebritas dunia. Salah satu desainer tersebut adalah Tex Saverio.

Desainer yang rancangannya pernah dipakai penyanyi Lady Gaga tersebut kini tengah terlibat dalam sebuah project. Tex Saverio ditunjuk menjadi desainer yang menggarap gaun untuk Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull, di ajang Miss Universe 2020.

"Sekarang lagi fokus untuk bantuin Puteri Indonesia, Frederika kan mau tampil di Miss Universe jadi lagi ke sana juga," kata Tex Saverio di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.

Menjelang perhelatan Miss Universe 2020 yang bakal dilaksanakan London, Inggris pada Juli 2020 mendatang, ada beberapa tahap yang dilakukan Tex Saverio. Persiapan untuk gaun yang digarap dikatakannya hampir rampung.

"Sudah mau tahap finishing dan fitting karena perlu banyak pertimbangan karena ini kan wakil Indonesia harus mempresentasikan juga karakteristik Puteri Indonesia juga," tambahnya.

Saat ini, desainer berusia 35 tahun tersebut dipercaya untuk menggarap satu look. "Saya sekarang pegang satu (look) untuk evening gown-nya," ungkap Tex Saverio.

Tex menuturkan jika desain yang ia buat sesuai dengan karakter Frederika. Proyek ini menjadi kali pertama sang desainer berkolaborasi dengan Puteri Indonesia.

"Karena memang dari tahun-tahun sebelumnya banyak yang minta saya support, cuma jujur saya bukan nggak mau, tapi merasa bisa nggak saya masuk ke desain yang berbeda," tambahnya.

Cocok dengan Karakter Frederika Alexis Cull

Frederika Alexis Cull (kiri) melambaikan tangan saat terpilih sebagai Puteri Indonesia 2019 di JCC, Jakarta, Jumat (8/3). Frederika Alexis Cull merupakan perwakilan Puteri Indonesia DKI Jakarta 1. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Menurut Tex Saverio, para Puteri Indonesia memiliki gaya rancang tersendiri karena merepresentasikan Tanah Air di mata dunia. Kecocokan karakter disebutkan Tex sangat penting dalam penggarapan.

"Saya harus melihat puteri ini karakternya cocok nggak dengan saya, saya nggak mungkin memaksakan karakter desain saya ke puteri yang mungkin karakternya jauh dari saya nanti nggak bagus hasilnya," jelas Tex Saverio.

Diakui Tex, rancangannya dan karakter Frederika dirasa cocok. Tahap setelah observasi itu, akhirnya berujung pada pertemuan dan meeting soal gaun yang dirancang.

"Kalau Fred itu dari yang saya lihat dari sebelum-sebelumnya, dia ada karakternya unique dalam artian ada sisi maskulinnya tapi femininnya sudah kuat," ungkap Tex.

Penggabungan dua karakter, maskulin dan feminin itu sangat cocok dengan karakter rancangan Tex. "Sebenarnya cocok dengan karakter saya yang ada strong tapi juga very feminine, strong-nya juga keluar. Itu yang saya lihat kayaknya bisa Fred untuk membawakannya dan cocok dan kita coba," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggaran Miliaran Rupiah untuk Pemulihan Wamena Usai Kerusuhan

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Pemerintah Provinsi Papua menggelontorkan dana Rp8 miliar untuk pemulihan usai rusuh Wamena. Dana ini dianggarkan dalam APBD Perubahan 2019.

Gubernur Papua, Lukas Enembe meminta pengungsi yang berada di luar Wamena untuk segera kembali ke Lembah Baliem, kota julukan Wamena.

Kata Lukas, pemerintah berjanji berikan jaminan keamanan di Kota Wamena dan masyarakat dipersilahkan untuk melanjutkan kembali kehidupan di Wamena bersama dengan warga setempat.

"Kami sudah siapkan dana Rp8 miliar untuk pembangunan kembali rumah warga dan bangunan lainnya yang dirusak. Saya minta pengungsi tidak meninggalkan Papua," katanya, Kamis (10/10/2019) di Jayapura.

Nantinya, para pengungsi yang kehilangan rumah, akan dibangunkan hunian sementara dari bahan semi permanen, hingga menunggu pembangunan  rumah waga selesai.

"Untuk mempercepat proses rehabilitasi Wamena, TNI akan dilibatkan untuk pembangunan rumah dan tempat usaha warga yang rusak dan terbakar," jelasnya.

Pengungsi Kembali ke Wamena

87 orang pengungsi kembali ke Wamena dengan pesawat Hercules. (Liputan6.com/Pendam Cenderawasih/Katharina Janur)

Sebelumnya, 87 orang pengungsi telah kembali diterbangkan ke Wamena pada Rabu (9/10/2019). Kembalinya para pengungsi difasilitasi oleh pemerintah dengan menumpangi pesawat Hercules TNI AU dari Lanud Silas Papare Jayapura.

Imran, seorang pengungsi asal Toraja yakin dengan janji pemerintah dan aparat keamanan menjaga keamanan di Kota Wamena.

Imran yang bekerja sebagai buruh bangunan menyebutkan akan melanjutkan pekerjaannya di Wamena dan ikut membantu pemerintah dalam pembangunan.

"Beberapa proyek pembangunan sekolah dan infrastruktur jalan pernah kami kerjakan. Kami yakin, Kota Wamena akan kembali pulih akan gangguan keamanan," jelasnya.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua menyebutkan pengungsi yang kembali ke Wamena akan ditempatkan sementara di Gedung Tongkonan Kota Wamena.

Pemkab Jayawijaya telah siap untuk membangun 100 unit rumah warga yang rusak pada aksi anarkis di Wamena, 23 September lalu. Sementara dari Dinas Sosial setempat akan membangun ruko yang terbakar. "Program ini akan segera dilakukan dengan cepat, agar ada pemulihan dari segala aspek," katanya.

Lanjut Jhon, pengungsi yang kembali ke Wamena merupakan hasil rapat bersama antara Menkopolhukam, Panglima TNI , Kapolri, dan sejumlah menteri lainnya untuk menfasilitasi pengungsi yang ingin kembali ke Kota Wamena.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, jika ada pengungsi yang ingin kembali ke Wamena jaminan keamanan pasti akan tetap dilakukan untuk masyarakat," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taspen Life Bayar Klaim Rp 329,84 miliar Sampai Kuartal III

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) membayar klaim sebesar Rp 329,84 miliar sampai kuartal III 2019. Komposisi pembayaran klaim tersebut terdiri atas klaim habis kontrak sebesar 65 persen, klaim meninggal dunia 31 persen dan surrender 4 persen.

"Taspen Life berkomitmen membayar klaim tepat waktu sesuai dengan yang diperjanjikan. Hal itu didukung dengan adanya klaim pro aktif bagi peserta employee benefit yang mencapai habis kontrak," kata Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono di Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Taspen Life dikatakan terus meningkatkan kinerja dari semua lini, termasuk penetrasi pasar. Ini dibuktikan dengan naiknya jumlah polis alias peserta pada September 2019. Angka ini naik sebesar 8,18 persen atau sebanyak 606.618 polis dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 560.758 polis.

Sementara Direktur Teknik dan Operasional Taspen Life Indra menambahkan, secara terperinci, komposisi pembayaran klaim tersebut terdiri atas klaim habis kontrak sebesar 65 persen juga klaim meninggal dunia 31 persen. Serta klaim surrender 4 persen.

Kinerja

ilustrasi asuransi jiwa (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) membukukan kinerja positif pada kuartal III/2019. Hal ini ditunjukkan beberapa indikator. Salah satunya pertumbuhan premi sebesar 216,09 persen.
 
Pendapatan premi di kuartal III/2019 mencapai Rp 1,17 triliun, tumbuh dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 369 miliar. Kenaikan premi disumbang pertumbuhan premi asuransi kumpulan sebesar 204,45 persen dan premi asuransi individu sebesar 300,45 persen.
 
Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono mengatakan, pertumbuhan premi asuransi individu yang signifikan tersebut meningkatkan jumlah peserta asuransi individu sebesar 1.709 persen.
 
"Taspen Life telah siap masuk pada target pasar individu, dengan tetap mempertahankan target pasar asuransi kumpulan," kata dia.
 
Selain itu, di kuartal III/2019 anak usaha PT Taspen (Persero) ini membukukan hasil investasi sebesar Rp 205 miliar atau tumbuh 18,68 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 172 miliar.
 
Adapun total pendapatan tumbuh 161,75 persen atau Rp 1,36 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 521 miliar.
 
Ini berpengaruh positif pada pertumbuhan laba sebesar 114,42 persen. Dia mengatakan laba Taspen Life pada kuartal III/2019 sebesar Rp 84 miliar sementara pada periode yang sama tahun sebelumnya, laba yang dibukukan sebesar Rp 39 miliar.
 
"Hal yang mendorong keberhasilan Taspen Life di kuartal III/2019 ini, selain adanya perluasan pangsa pasar, Taspen Life terus meningkatkan sinergi dengan induk perusahaan PT Taspen (Persero)," ungkapnya.
 
Jumlah total aset tumbuh 26,35 persen atau Rp 4,37 triliun pada 2019 dari Rp 3,46 triliun di 2018. Pertumbuhan total aset, jelas Maryoso sebagian besar bersumber dari pertumbuhan aset investasi sebesar 34,06 persen dari Rp 3,14 triliun di 2018 menjadi Rp 4,21 triliun di 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Kembali Jenguk Wiranto di RSPAD

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo kembali datangi RSPAD Gatot Subroto Jumat (11/10) siang. Jokowi jenguk Menkopolhukam Wiranto yang sedang dirawat intensif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawa Foto Almarhum Pacar Saat Wisuda, Kisah Haru Pria Ini Viral

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan seseorang yang kita cinta tentu sangat menyakitkan, apalagi jika seseorang itu pergi untuk selama-lamanya. Kondisi itu pun baru-baru ini dialami seorang pria bernama Aditya Medaliana.

Melalui akun Twitter-nya dengan nama @justkiddit, ia bercerita mengenai dirinya yang kehilangan kekasihnya yang berpulang ke sang Pencipta.

Dalam unggahan tersebut, ia menyertakan dua foto dirinya bersama kekasih setelah lulus sidang skripsi hingga ia melangsungkan wisuda. Namun sayang, momen wisuda Aditya tidak dihadiri kekasihnya yang telah terlebih dahulu tutup usia. Untuk itu, ia membawa foto kekasihnya untuk diabadikan bersama saat momen kelulusan tersebut.

 

"Terimakasih atas segalanya, aku bakal maju terus demi kamu juga!,keterangan dalam unggahan yang dibuat Aditya.

 

Empat Tahun Bersama

Aditya dan kekasihnya yang biasa disapa Oci sudah menjalin hubungan selama 4 Tahun. Hingga Oci tutup usia, Aditya masih setia menemani kekasihnya.

Kedua sudah menjalin hubungan saat awal masuk ke perguruan tinggi. Mereka mulai berkenalan saat PKKMB, terhitung dari tahun 2015 hingga sekarang.

 

Dibuatkan Video oleh Warganet

Karena viralnya cerita yang dibagikan di lini masa Twitter, seorang warganet memutuskan membuatkan video khusus untuknya. Video yang berdurasi 22 detik itu berisi beberapa foto Aditya dan kekasihnya. 

Tuai Simpati Warganet

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet. Banyak waranet yang merasa terenyuh dan sedih dengan kisah haru tersebut. Banyak pula yang turut mendoakan atas kepergian Almarhum Oci, beberapa juga memberikan semangat serta kekuatan kepada pria yang biasa di sapa Dit itu.

 

 

Viral

Saking banyaknya warganet yang memperbincangkan unggahan tersebut, kisah Aditya pun menjadi perbincangan viral. Hingga kini unggahan tersebut sudah dibagikan sebanyak 5,9 ribu dan telah disukai 8 ribu lebih pengguna Twitter.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Surabaya Alami Suhu Lebih Panas

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur salah satu wilayah yang terkenal dengan cuaca panasnya. Pada awal Oktober 2019, suhu di Surabaya mencapai 35 derajat celsius.

Prakirawan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Toni Setiawan menuturkan, suhu panas tersebut karena Surabaya masih masuk musim kemarau. Selain itu, kondisi posisi matahari juga berada di sebelah selatan sehingga lebih panas dari biasanya. Pada Oktober 2019 juga merupakan puncak musim kemarau.

"Sejak September matahari bergerak ke arah selatan. Daerah selatan Pontianak, Jawa, Sulawesi bagian selatan dan Kalimantan bagian selatan," ujar Toni, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (11/10/2019).

Toni mengatakan, suhu di Surabaya maksimal 37 derajat celsius. Surabaya juga akan alami hari tanpa bayangan pada 12 Oktober 2019, pukul 11.15.46 WIB. Pada hari tanpa bayangan atau kulminasi itu, matahari tepat berada di atas kita. Hal ini juga membuat suhu di Surabaya akan lebih panas.

"Relatif panas 1-1,5 derajat celsius. Posisi matahari di atas kita, dan tidak ada bayangan," ujar dia.

Toni menuturkan, saat hadapi hari tanpa bayangan waspadai dehidrasi dan air tanah akan turun. "Oleh karena itu waktu tepat untuk penggalian sumur," kata dia.

Surabaya Alami Hari Tanpa Bayangan pada 12 Oktober, Suhu Udara Bakal Meningkat

Hari Tanpa Bayangan (pixabay.com)

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan suhu udara di Surabaya, Jawa Timur akan meningkat saat terjadi kulminasi atau hari tanpa bayangan pada 12 Oktober 2019.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto mengatakan, Surabaya akan alami hari tanpa bayangan atau kulminasi pada 12 Oktober 2019 pukul 11.15 WIB. Saat terjadi kulminasi tersebut, suhu udara akan meningkat 0,5-1 derajat celcius dari normalnya terutama di siang hari.

"Kalau suhu tertinggi yang pernah terjadi di Surabaya 36,8 derajat celcius. Kalau sekarang tiga hari terakhir di Surabaya maksimum 35 derajat celcius. Suhu udara di kisaran 35-36 derajat celcius," ujar Teguh saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Selasa, 8 Oktober 2019.

Teguh mengatakan, Surabaya masih alami musim kemarau dan belum masuk pancaroba. Ia pun mengingatkan ketika kulminasi terjadi dengan posisi matahari tepat berada di atas kepala merupakan posisi terdekat sehingga diwaspadai peningkatan suhu. Hal ini berpotensi menyebabkan dehidrasi.

Ia menambahkan, kulminasi merupakan fenomena biasa. Setiap tahun juga alami kulminasi atau hari tanpa bayangan. Kulminasi merupakan fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat. Fenomena itu disebut sebagai kulimasi utama.Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenith. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang" karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Oleh karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Rotasi Bumi Berbalik, Matahari Diprediksi Bakal Terbit dari Barat?

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Minggu 4 Februari 2018, situs news.rakyatku.com mengunggah artikel berjudul Rotasi Bumi Berbalik, Matahari Diprediksi Bakal Terbit dari Barat.

Berikut isi artikel tersebut:

RAKYATKU.COM - Sejumlah ahli memprediksi jika kutub Bumi tak lama lagi akan berbalik arah. Hal ini diramalkan akan membuat rotasi Bumi ikut berbalik yang membuat Matahari tidak akan terbit dari timur, melainkan barat.

Dikutip dari Dailymail, Sabtu (3/2/2018), Direktur Laboratory for Atmospheric and Space Physics di University of Colorado, Amerika Serikat, Daniel Baker, mengaku bahwa tanda-tanda pembalikan magnet Bumi mulai nampak.

"Andaikata pembalikan terjadi, kemungkinan akan membuat beberapa area di Bumi punya label 'tidak dapat dihuni.' Pembalikan ini juga mematikan jaringan listrik dan mengubah suhu Bumi," kata Baker dalam laporannya.

Laporan dari satelit milik Badan Antariksa Eropa, Swarm Trio yang memantau medan magnet bumi menunjukkan adanya kemungkinan kemiringan dari inti Bumi, tempat di mana medan magnet dihasilkan.

Penyebab jaringan listrik mati akibat badai Matahari yang parah. Seiring medan magnet Bumi yang terus melemah, ia menyoroti pentingnya sistem energi off-grid, yakni sistem pembangkit listrik yang hanya mengandalkan energi matahari sebagai satu-satunya sumber energi utama untuk melindungi Bumi.

"Badai ini menciptakan radiasi sangat tinggi dapat berefek buruk bagi satelit dan para astronaut yang bertugas di luar angkasa," kata Ilmuwan Magnetosfer NASA, Mona Kessel.

Henrik Svensmark, seorang ilmuwan cuaca dari Danish National Space Centre, percaya kalau Bumi mengalami periode alami dari awan rendah karena sinar kosmik yang masuk ke atmosfer lebih sedikit.

Alhasil, menurut dia, dampaknya bisa menghancurkan kehidupan umat manusia, karena mengubah iklim Bumi secara radikal dan menaikkan status penyakit berat seperti kanker.

Bumi memiliki inti cair yang sangat panas, dan menghasilkan medan magnet yang mampu melindungi bumi dari radiasi matahari.

Pelindung ini sifatnya tak kasat mata, dan memiliki meluas ribuan kilometer ke luar angkasa. Daya tariknya mempengaruhi segalanya hal, mulai dari komunikasi global hingga jaringan listrik.

Medan magnet ini begitu penting bagi kehidupan di Bumi. Namun kini mulai melemah hingga 15 persen selama 200 tahun terakhir.

Alanna Mitchell, dalam buku terbitan terbarunya yang berjudul 'The Spinning Magnet: The Electromagnetic Force that Created the Modern World and Could Destroy It,' menyebut, secara historis, kutub magnet Bumi Utara dan Selatan telah membalik setiap 200 ribu atau 300 ribu tahun.

Namun, pembalikan saat ini terlambat, karena yang terakhir sekitar 780 ribu tahun yang lalu. Jika medan magnet terus menurun, Bumi bisa berakhir seperti Planet Mars.

"Dunia yang dulunya subur, berubah menjadi planet kering yang tandus sehingga tidak mampu lagi mendukung kehidupan," tutur Mitchell.

Kendati demkikian, masih belum bisa dipastikan waktu Bumi akan berbalik arah rotasi. Para ilmuwan bahkan mengaku heran mengapa hal ini terjadi, dan fenomena ini digambarkan sebagai 'aktivitas gelisah.'

Meski artikel lama, unggahan tersebut kembali viral di Facebook. Sejak kali pertama diunggah, artikel itu telah dibagikan sebanyak 10.500 kali.

Benarkah pembalikan kutub Bumi bisa membuat Matahari terbit dari barat?

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menggunakan sejumlah kata kunci dalam artikel yang diunggah situs news.rakyatku.com, yakni 'daily mail', 'Laboratory for Atmospheric and Space Physics', 'Swarm Trio', dan 'Mona Kessel'.

Berikut hasilnya:

 

Peringkat teratas hasil penelusuran adalah artikel situs Daily Mail berjudul, Earth's magnetic poles could be about to FLIP: Experts warn the reversal could cause widespread blackouts and make parts of the world 'uninhabitable', yang dipublikasikan pada 31 Januari 2018.

Berikut isi artikel tersebut: 

The Earth has a fierce molten core that generates a magnetic field capable of defending our planet against devastating solar winds.

The protective field extends thousands of miles into space and its magnetism affects everything from auroras to power grids.

But this field, so important to life on Earth, has weakened by around 15 per cent over the last 200 years.

And this, scientists claim, could be a sign that the Earth's poles are about to flip.

In a new report, Daniel Baker, director of the Laboratory for Atmospheric and Space Physics at the University of Colorado, Boulder, claims there are signs of a reversal.

He says if this reversal happens, it is likely to render some areas of the planet 'uninhabitable' by knocking out power grids.

His comments were made in an in-depth Undark report written by Alanna Mitchell, who has a new book about the topic titled 'The Spinning Magnet: The Electromagnetic Force that Created the Modern World and Could Destroy It',

Mitchell writes: 'The dangers: devastating streams of particles from the sun, galactic cosmic rays, and enhanced ultraviolet B rays from a radiation-damaged ozone layer, to name just a few of the invisible forces that could harm or kill living creatures.'

Historically, Earth's North and South magnetic poles have flipped every 200,000 or 300,000 years.

However a flip is currently overdue as the last one was about 780,000 year ago.

The latest satellite data, from the European Space Agency's Swarm trio which monitors the Earth's magnetic field, suggests a flip may be imminent.

The satellites allow researchers to study changes building at the Earth's core.

Their studies suggest molten iron and nickel are draining energy out of the core near where the magnetic field is generated.

While scientists aren't sure exactly why this happens, they describe the type of 'restless activity' that could suggest the magnetic field is preparing to flip.

If a switch happens, we would be exposed to solar winds capable of punching holes into the ozone layer.

The impact could be devastating for mankind, knocking out power grids, radically changing Earth's climate and driving up rates of cancer.

'This is serious business', Richard Holme, Professor of Earth, Ocean and Ecological Sciences at Liverpool University told MailOnline in an earlier interview.

'Imagine for a moment your electrical power supply was knocked out for a few months – very little works without electricity these days.'

The Earth's climate would change drastically. In fact, a Danish study believes global warming is directly related to the magnetic field rather than CO2 emissions.

The study claimed that the planet is experiencing a natural period of low cloud cover due to fewer cosmic rays entering the atmosphere.

Radiation at ground level would also increase, with some estimates suggesting overall exposure to cosmic radiation would double causing more deaths from cancer.

Researchers predict that in the event of a flip, every year a hundred thousand people would die from the increased levels of space radiation.

'Radiation could be 3-5 times greater than that from the man-made ozone holes. Furthermore, the ozone holes would be larger and longer-lived,' said Dr Colin Forsyth from the Mullard Space Science Laboratory at UCL.

The magnetosphere is a large area around the Earth produced by the planet's magnetic field.

Its presence means that charged particles of the solar wind are unable to cross the magnetic field lines and are deflected around the Earth

Scientists have discovered that ancient pots can act as a magnetic time capsule.

This is because they contain an iron-based mineral called magnetite. When pots form, the magnetite minerals align with the Earth's magnetic field, just like compass needles.

By examining pottery from prehistory to modern times, scientists have discovered just how dramatically the field has changed in the last few centuries.

They've found that Earth's magnetic field is in a permanent state of flux.

Magnetic north drifts and every few hundred thousand years the polarity flips so a compass would point south instead of north.

If the magnetic field continues to decline, over billions of years, Earth could end up like Mars - a once oceanic world that has become a dry, barren planet incapable of supporting life.

But scientists claim the rate of decline is too fast for the Earth's core to simply burn out.

Instead, the story told by ancient pottery suggests the Earth's poles could be about to undergo another flip.

According to the British Geological Survey, the Earth's magnetic field has on average four or five reversals in polarity every million years and we're now overdue a similar event.

'At the moment, we cannot accurately determine whether or not the Earth's field is about to flip,' said Dr Forsyth. 'We have only been recording the Earth's field for around 170 years; about 1-15 per cent of the time a flip is expected to take.'

If a flip occurs, it would cause the Earth's magnetic shield to be weakened for thousands of years, opening up our defences and causing cosmic radiation to get through.

'We have a double layer defence shield,' said Jim Wild a space scientists at Lancaster University.

'Space is full ofstuff that's not great for biological tissue. If we didn't have an atmosphere,that stuff would be hitting us. It's the magnetic field protects atmospherefrom the solar wind.'

 

Artikel tersebut membahas mengenai efek pembalikan kutub Bumi, bukan pembalikan arah terbitnya Matahari.

 

Penjelasan Kepala Lapan

Liputan6.com meminta penjelasan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin terkait klaim tersebut.

"Itu berita lama yang keliru. Kutub bumi dan rotasi bumi tidak akan berbalik. Namun kutub magnetik bumi yang mungkin berubah," kata Thomas Djamaluddin.

Ia kemudian memberikan tautan ke link artikel berjudul Pembalikan Kutub Magnet Bumi Bukan Tanda Kiamat yang dimuat Radar Cirebon. Ada penjelasan Thomas Djamaluddin di dalamnya.

Seperti dikutip dari Radar Cirebon, Kepala Lapan menjelaskan, perubahan kutub medan magnet bumi tidak berpengaruh kepada posisi sumbu poros Bumi.

"Posisi kutub utara dan selatan bumi tidak berubah dengan adanya perubahan kutub magnetik. Itu bukan tanda kiamat. Ribuan tahun lalu pernah terjadi," kata dia.

 

Kesimpulan Klaim

Benarkah pembalikan kutub Bumi bisa membuat Matahari terbit dari barat? Jawabannya tidak. 

Sama sekali tak ada penjelasan soal itu dalam artikel asli yang diterbitkan Daily Mail. Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin juga menyebut, itu adalah kabar yang keliru.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Unggahan Joker, Komunitas Kesehatan Jiwa Datangi Kantor BPJS Kesehatan

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komunitas pemerhati dan pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mendatangi kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pusat Jakarta. Mereka memprotes unggahan BPJS Kesehatan di beberapa akun media sosial yang menggunakan tokoh Joker sebagai kampanye kesehatan mental. 

Yeni Rosa Damayanti, Ketua Perhimpunan Jiwa Sehat Indonesia mengatakan bahwa kalimat "menciptakan Joker-Joker lainnya" dalam unggahan BPJS Kesehatan di media sosial dinilai bisa menciptakan stigma buruk pada orang dengan gangguan jiwa di masyarakat.

Menurut Yeni, pernyataan tersebut rentan dipersepsikan bahwa setiap orang dengan gangguan jiwa berisiko menjadi seorang yang jahat seperti Joker.

"Yang menjadi masalah bagi kami adalah dikait-kaitkannya orang jahat itu dengan gangguan kejiwaan," kata Yeni pada Health Liputan6.com usai bertemu dengan pihak BPJS Kesehatan di Jakarta, Jumat (11/10/2019) pagi.

Yeni mengkhawatirkan bahwa ketika penegasan bahwa semua orang dengan gangguan jiwa bisa menjadi Joker, orang lain akan menjauhi pasien.

"Itu hanya satu orang dan fiksi. Jangan kemudian dianggap semua orang dengan gangguan jiwa (bila) dicolek, disakiti, menjadi pembunuh."

 

Komunitas Sesalkan Hal Itu Diunggah Oleh Instansi Pemerintah

Screenshot unggahan BPJS Kesehatan yang diprotes oleh beberapa komunitas yang peduli pada kesehatan jiwa

Dia menambahkan, yang menjadi masalah lain adalah karena pernyataan itu diunggah oleh badan milik pemerintah.

"Kenapa ini kita anggap penting? Karena BPJS ini kan lembaga negara, kalau dia mengatakan bahwa orang dengan gangguan jiwa dikasih obat kalau tidak bisa jadi Joker, masyarakat kan kemudian menganggap itu legitimasi dari negara bahwa betul orang gangguan jiwa itu berbahaya," kata wanita yang dikenal sebagai aktivis di era orde baru itu.

Maka dari itu, Yeni meminta agar BPJS Kesehatan melakukan damage control berupa unggahan klarifikasi di semua media sosial, serta menjelaskan bahwa tidak semua kejadian kekerasan atau kejahatan, terjadi karena masalah gangguan jiwa.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan sempat mengunggah poster terkait kesehatan mental di media sosial resmi miliki instansi tersebut. Unggahan itu berbunyi: JKN-KIS Menanggung Penderita penyakit Orang dengan Gangguan Jiwa agar tidak tercipta Joker-Joker lainnya. Unggahan tersebut telah dihapus dari beberapa media sosial milik BPJS kesehatan.

Yeni sendiri bersama dengan beberapa perwakilan dari Sehat Jiwa Indonesia, Bipolar Care Indonesia, Amnesty International, Cahaya Jiwa, Indonesian Human Rights Committee for Social Justice, dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia telah menemui Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Ma'ruf terkait hal ini. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lamborghini Siapkan Mobil Listrik Berwujud Sedan

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperkenalkan supercar hybrid , Lamborghini akan menghadirkan mobil listrik perdananya. Kabarnya, mobil listrik tersebut berwujud sedan.

Lamborghini CTO, Maurizio Reggiani menjelaskan bahwa pihaknya kemungkinan akan memakai platform yang sudah ada milik Volkswagen Group. Itu artinya, kemungkinan akan memakai PPE Platform yang dikembangkan oleh Porsche dan Audi dan mirip dengan platform J1 milik Porsche Taycan dan Audi e-Tron GT.

"Jika Anda melihat waktu untuk model keempat, ini adalah waktu yang tepat untuk kendaraan full listrik," kata Reggiani.

Menurutnya, performa menjadi yang terpenting untuk mobil 2+2. "Kami harus menjadi yang cepat tapi tidak sama dengan supercar dan sportscar. Model keempat ini akan menjadi sesuatu yang sedikit berbeda," lanjutnya.

Jika VW memberikan jalan kepada Lamborghini untuk memproduksi sedan full listrik, mobil itu akan menjadi alternatif Porsche Taycan dan Audi e-Tron GT.

 

 

Desain

Sedangkan desainnya, mau tak mau akan terinspirasi dari SUV urus dengan guratan yang mirip dengan Estoque concept, yang pernah dirilis sepuluh tahun lalu.

Sebelum mobil ini benar-benar hadir, Reggiani mengatakan, Lamborghini harus lebih dulu berkonsilidasi dengan keluarga urus.

"Pertama, kami perlu membangun dan mengkonsolidasikan line Urus. Butuh 10 tahun untuk membuat model V10 kami, mulai ketika Gallardo diluncurkan pada 2003 sampai Huracan, jadi kami butuh memastikan kami melakukan yang sama untuk urus," tandasnya.

Sumber: Otosia.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Sampang Bekuk Pemakai Saat Pesta Narkoba

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menerima informasi ada transaksi jual beli narkoba, Tim Reskoba Polres Sampang langsung bergerak melakukan penangkapan. Tiga orang langsung diamankan saat sedang transaksi jual beli, dan menggelar pesta narkoba di salah satu rumah tersangka di Sampang.

Dari hasil pengembangan, polisi juga mengamankan dua orang tersangka lainnya, yang berniat menggelar pesta sabu. Dari kelima tersangka, polisi mengamankan total barang bukti sabu 38 gram, alat hisap, serta sejumlah uang. Berikut video liputannya pada Liputan6, 10 Oktober 2019.

Sementara itu, Satnarkoba Polrestabes Surabaya, memusnahkan barang bukti narkotika di halaman Mapolrestabes Surabaya. Diantaranya 4,8 kg sabu, 4,4 gram ganja, dan ribuan pil ekstasi jenis happy five.

Barang haram tersebut disita polisi dari para pengedar dan kurir narkoba, selama kurun waktu bulan Juli hingga September 2019. Dengan menangkap 18 tersangka laki-laki dan 1 tersangka perempuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google 'Beli' Wajah Pejalan Kaki untuk Kembangkan Teknologi Face Recognition

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melalui blog resminya, Google baru saja mengumumkan fitur-fitur canggih untuk smartphone terbarunya, Google Pixel 4.

Salah satu fitur canggihnya adalah pengenalan wajah (face recognition) yang akurat. Namun untuk mendapatkan keakuratan ini, Google harus menempuh jalan yang dapat dibilang sedikit mengganggu.

Dilaporkan ZDNet, Jumat (11/10/2019), Google menyempurnakan teknologi ini dengan "membeli" wajah beberapa pejalan kaki yang melewati jalanan di Kota New York.

Pejalan kaki bernama George mengaku bahwa dirinya ditawari pegawai Google untuk menjadi salah satu peserta uji coba penyempurnaan teknologi pengenalan wajah untuk Google Pixel 4.

Dirinya diharuskan memegang purwarupa Pixel dan mengambil wajahnya dari segala sisi dalam modus swafoto.

Tentu sebelum melakukan hal tersebut, George harus mentandatangani kertas berjanjian yang isi ketentuannya cukup banyak, tetapi ia tidak membacanya.

 

Cuma Dikasih Kartu Belanja

Teknologi Face Recognition (Pengenalan Wajah). Kredit: Petapixel

Setelah melalui proses tersebut berarti muka George sudah menjadi bagian dari database milik Google selama 18 bulan untuk mengembangkan teknologi canggihnya itu.

Namun bukannya memberikan bayaran yang setimpal, pegawai Google justru hanya memberikan kartu belanja Amazon atau Starbucks senilai USD 5 atau sekitar Rp 70 ribu.

(Keenan Pasha/Isk)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Manajer yang Bisa Gantikan Ole Gunnar Solskjaer di MU

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer sedang dalam sorotan. Manajer asal Norwegia itu belum juga mampu mengangkat performa timnya di kompetisi domestik.

MU terkapar di peringkat ke-12 setelah menderita tiga kekalahan dalam delapan pertandingan. Sisanya, MU hanya menang 2 kali dan imbang 3 kali.

Selain hasil di papan klasemen, fans juga kecewa dengan permainan Paul Pogba dan kawan-kawan. Permainan MU dianggap tidak atraktif dan monoton.

Suasana tak kondusif itu membuat spekulasi pemecatan Solskjaer mulai berkembang. Manajemen MU sudah memberi tenggat waktu kepada manajer berusia 46 tahun itu yakni laga melawan Liverpool, (20/10/2019).

Jika MU kalah, bukan tidak mungkin Solskjaer akan segera angkat kaki. Meskipun, ia masih terikat kontrak hingga 2021.

Seperti dilansir Sportskeeda, berikut tiga manajer yang berpotensi menggantikan Solskjaer di MU.

 

1. Laurent Blanc

Laurent Blanc  (AFP/Valery Hache)

Blanc pernah muncul ke dalam bursa manajer MU setelah Jose Mourinho dipecat, Desember lalu. Namun manajemen MU pada akhirnya memilih Solskjaer sebagai suksesor Mourinho.

MU bukan klub asing bagi Blanc, ia pernah berkostum Setan Merah selama dua musim di masa Sir Alex Ferguson. Blanc turut berjasa mengantar MU juara Liga Inggris 2003/04.

Sebagai pelatih, Blanc cukup sukses terutama saat menukangi PSG. Di sana, pelatih berusia 53 tahun itu memenangkan 11 trofi dalam tiga musim.

Blanc juga punya manajemen pemain yang cukup bagus. Di PSG, ia bisa mendamaikan ego pemain bintang seperti Zlatan Ibrahimovic dan Edinson Cavani.

Andai memilih Blanc, ada beberapa dampak positif yang dirasakan MU. Salah satunya adalah 'menjinakkan' karakter Pogba yang pemberontak.

Kebetulan, Blanc dan Pogba sama-sama berasal dari Prancis.

2. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri (AFP/fabrice Coffrini)

MU saat ini jelas butuh manajer berpengalaman dengan segudang prestasi. Nama Massimiliano Allegri patut dipertimbangkan manajemen.

Allegri meraih 11 trofi di Juventus antara lain Liga Italia (5), Coppa Italia (4), dan Piala Super Italia (2). Ia juga pernah membawa Juventus ke final Liga Champions dua kali, meski gagal juara.

Allegri pun kini sedang menganggur setelah mundur dari Juventus. Ia pernah menyatakan ketertarikannya untuk mencicipi Liga Inggris.

Dengan reputasi yang sudah mentereng, para pemain MU pun tak kesulitan untuk memercayai kualitas Allegri.

3. Mauricio Pochettino

Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino (AP Photo/Peter Dejong)

Dibanding dua nama sebelumnya, Mauricio Pochettino boleh jadi punya peluang paling kecil untuk didekati. Maklum, manajer asal Argentina itu masih menukangi Tottenham Hotspur.

Namun demikian, kans Pochettino merapat ke Old Trafford tetap ada. Pasalnya, Spurs saat ini sedang terpuruk.

Untuk merekrut Pochettino, MU paling tidak harus menunggu hingga akhir musim ini. Itu karena Pochettino hampir tak mungkin membatalkan kesepakatan kontraknya dengan Spurs begitu saja.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkicau Singgung Wiranto, Jerinx SID Dihukum Twitter

Posted: 10 Oct 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penabuh drum Superman Is Dead, Jerinx SID, kembali menjadi sorotan. Gara-garanya adalah unggahan di Twitter yang membahas soal Wiranto menyusul pemberitaan tentang penyerangan yang dialami Menkopolhukam itu di Pandeglang, Banten.

Jerinx SID mengunggah sebuah kalimat di Twitter yang memicu kontroversi. Twit tersebut diunggah Jerinx SID tak lama setelah Wiranto diserang oleh orang tak dikenal pada Kamis (10/10/2019).

"Kalau niatnya emang membunuh kenapa pisaunya kecil ya," tulis Jerinx SID.

Terpantau, unggahan tersebut menuai lebih dari 1500 komentar. Sebagian besar menegur kalimat Jerinx SID tersebut karena dirasa tidak elok dengan situasi yang tengah dialami Wiranto. Karena unggahan tersebut pula, Jerinx SID mendapat hukuman dari Twitter. 

Dihukum

Akun Jerinx SID dibatasi Twitter.

Hukuman tersebut berupa pembatasan aktivitas Jerinx di Twitter. Tak lama setelah mengunggah twit tersebut, Jerinx SID menyampaikan doa agar Wiranto bisa lekas sembuh. Tetapi, lagi-lagi Jerinx SID kembali membuat pernyataan yang memancing respons negatif warganet.

"Lekas sembuh bro 🦅," tulis Jerinx SID dengan menyertai sebuah foto yang menampilkan dirinya tengah duduk tak jauh dari Wiranto.

"Doakan agar lekas sembuh supaya blio bisa mempertanggungjawabkan apapun dosa politiknya nanti," timpal Jerinx.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modal Utama Bagi Para Penyuluh Pertanian

Posted: 10 Oct 2019 10:58 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar rutin menggelar seminar nasional. Acara yang digelar di Aula STAI Darusalam Martapura itu dihadiri oleh sekitar 400 orang Penyuluh Pertanian di wilayah Kalimantan, Kamis (10/10).

Seminar nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sekaligus mempererat silaturahmi diantara para penyuluh. Dalam arahannya, Kepala Badan PPSDMP, Dedy Nursyamsi menyampaikan bahwa para penyuluh pertanian merupakan SDM yang unggul yang akan menciptakan pembangunan pertanian maju.

"Untuk mencapai keberhasilan pembangunan pertanian tidak hanya pada peningkatan produksi dan produktivitas saja, tetapi harus bisa menciptakan nilai tambah. Untuk itu sangat diperlukan SDM Pertanian terutama Penyuluh Pertanian yang berkarakter, ini menjadi modal utama dalam mencapai keberhasilan pembangunan pertanian," ujar Dedi.

Dedi menambahkan Penyuluh Pertanian harus mempunyai karakter di era milenial 4.0. Perkembangan TIK yang signifikan. Saat ini menuntut penyuluh untuk memiliki karakter yang inovatif, berinteraksi dengan media sosial, fleksible, punya rasa ingin tahu yang tinggi, dan peka terhadap perubahan.

"Penyuluh itu harus kreatif. Apalagi IT sekarang sudah meningkat. Jadi harus bisa memanfaatkan teknologi dengan maksimal. Apalagi saat ini sudah dibuat aplikasi-aplikasi untuk penyuluh dan penyuluhan. Itu artinya penyuluh yang memiliki handphone (HP) android setiap saat bisa mengakses informasi-informasi penting dari Kementerian Pertanian. Sedangkan bagi penyuluh yang belum memiliki handphone android, penyuluh bisa terjun langsung ke lapangan," tegas Dedi

Sampai saat ini Kementerian Pertanian telah melakukan upaya dalam hal meningkatkan peran penyuluhan pertanian termasuk juga dengan kelembagaannya.

Di akhir paparannya Dedi berharap penyuluh harus mampu menjadi insan yang handal, tekun, dan profesional. Paling penting mereka juga harus melek teknologi agar bisa memberikan ilmunya kepada petani.

"Penyuluh harus berdayakan petani agar melek teknologi, dan menularkan ilmunya kepada petani, terus bekerja keras untuk menghidupi pangan seluruh dunia karena tugas kita sebagai insan pertanian mewujudkan Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045," tegasnya diikuti tepuk tangan dari para penyuluh.

Di kesempatan ini juga diserahkan penghargaan secara simbolis kepada para pelaku pertanian yang mempunyai kinerja terbaik di tingkat Kabupaten Banjar, yakni untuk PPL dan Mantri Tani, Balai penyuluh Pertanian. Selain itu juga diserahkan 5 unit kendaraan roda 2 untuk operasional PPL.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejutan Penghormatan dari TNI AU Jelang Purna Tugas Wapres JK

Posted: 10 Oct 2019 10:58 PM PDT

Fokus, Jakarta - Saat akan lepas landas di Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta menuju Jakarta, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mendapat kejutan.

Layanan istimewa ini merupakan bentuk penghormatan dan ungkapan terima kasih TNI AU menjelang akhir masa tugasnya sebagai wakil presiden.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (11/10/2019), sebuah water salute atau semprotan air dari dua kendaraan pemadam kebakaran, melepas keberangkatan Wapres Jusuf Kalla menuju Jakarta.

Tidak hanya itu, dua pesawat tempur Indonesia F-16 mengawal pesawat yang ditumpangi wapres mengudara. Kedua jet tempur ini juga memberi penghormatan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma, pesawat yang ditumpangi Jusuf Kalla juga mendapat kejutan dari para kru pesawat.

"Baik, alhamdullilah saya senang diiformasi dapat penghormatan dari teman-teman tadi, dari F-16. TNI Angkatan Udara selalu siap menjaga aset-asetnya alutsista yang ada sehingga dapat berfungsi dengan baik apabila dibutuhkan," kata Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Sebelumnya di Makassar, JK juga menerima ucapan terima kasih dan penghormatan yang sama saat akan menuju Palu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Penuhi Janji Kampanye, Wali Kota di Meksiko Diseret Truk Oleh Warga

Posted: 10 Oct 2019 10:57 PM PDT

Liputan6.com, Mexico City - Wali kota di Meksiko diseret dengan sebuah kendaraan oleh penduduk desa yang marah.

Wali kota sebuah wilayah di Meksiko mendesak upaya percobaan pembunuhan terhadap penduduk setempat, yang mengikatnya di bagian belakang truk dan menyeretnya ke jalan-jalan karena gagal memenuhi janji pemilihan.

Jorge Luis Escandon Hernandez, yang berhasil melarikan diri tanpa cedera besar, juga ingin mereka yang bertanggung jawab atas insiden pada Selasa 8 Oktober 2019 didakwa dengan penculikan.

Media Meksiko melaporkan bahwa politikus itu ditarik keluar dari kantornya di kota Las Margaritas, Chiapas, oleh para petani dari desa Santa Rita El Invernadero setempat.

Menurut surat kabar nasional Excelsior, mereka tidak senang karena dia gagal memenuhi janji kampanye untuk memperbaiki jalan lokal yang penting.

Detik-Detik Penyereten

Wali Kota di Meksiko diseret truk. (Twitter/ Tinta Fresca)

Video yang diposting oleh situs web berita Tabasco Al Minuto menunjukkan Hernandez diseret paksa dari kantornya oleh sekelompok besar orang.

Rekaman CCTV dari jauh di jalan, diperoleh dari outlet Tinta Fresca Chiapas, kemudian menunjukkan dia sedang ditarik oleh sebuah truk. Ia terlihat diikat dengan tali di pergelangan tangannya.

Belasan polisi dilaporkan diharuskan menghentikan truk, yang kemudian diikuti dengan perkelahian. 

Menurut BBC, video yang diambil oleh orang di luar kantor wali kota menunjukkan sekelompok pria menariknya keluar dari gedung dan memaksanya ke bagian belakang kendaraan.

Rekaman yang ditangkap kemudian oleh CCTV menunjukkan dia diseret, diikat dengan tali di tangannya ke bagian belakang truk melalui jalan-jalan Santa Rita, yang merupakan bagian dari Las Margaritas.

Kasus Jarang Terjadi

Ilustrasi palu hakim pengadilan. (Sumber Pixabay)

Wali kota dan politikus lokal di Meksiko sering menjadi sasaran geng narkoba ketika mereka menolak untuk bekerja sama dengan skema kriminal mereka. Kasus yang dialami Jorge Luis Escandon Hernandez -- terkait janji-janji kampanye -- jarang terjadi.

Escandón mengatakan dia akan mengajukan tuntutan atas penculikan dan percobaan pembunuhan.

Dalam insiden sebelumnya empat bulan lalu, sekelompok pria mengobrak-abrik kantornya saat tak menemukannya di sana.

Menjelang pemilihan wali kota di Las Margaritas, Escandón sendiri ditangkap karena dicurigai ikut serta dalam perkelahian dengan para pendukung calon saingan. Namun dia dibebaskan karena kurangnya bukti. 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Dampak Negatif Tidur dengan Lampu Menyala

Posted: 10 Oct 2019 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang harus tidur dalam keadaan lampu menyala. Namun, tak sedikit pula orang yang lebih nyaman tidur dengan lampu padam.

Faktanya, mematikan atau menyalakan lampu saat tidur malam dapat memengaruhi kesehatan. Mematikan lampu sebelum tidur jauh lebih dari sekadar fase sebelum tidur.

Tidur dengan lampu menyala dianggap merugikan untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik dapat menimbulkan berbagai dampak kesehatan. Tidur dengan lampu menyala dikaitkan dengan gangguan siklus tidur. Kondisi ini membuat seseorang tak dapat tidur nyenyak.

Tidur yang nyenyak akan membuat Anda segar kembali. Umumnya, para ahli menyarankan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam semalam untuk mendapatkan energi dan tetap sehat. Paparan cahaya selama tidur membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih nyenyak.

Berikut dampak negatif tidur malam dengan lampu menyala, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (11/10/2019).

Ganggu Siklus Tidur

Ganggu siklus tidur (iStockphoto)

Saat tidur, tubuh memroduksi hormon melatonin yang mendukung kualitas tidur. Paparan cahaya, baik lampu, tv, atau gadget dapat dapat menghambat produksi hormon ini.

Kekurangan melatonin saat tidur dapat memengaruhi siklus tidur normal. Efek ini bahkan dapat bertahan lama sehingga Anda akan memiliki pola tidur yang kacau tiap hari.

Cahaya terang di malam hari, sekitar tengah malam, dapat mendorong siklus tidur kembali sekitar setengah jam. Ini membuat Anda susah untuk tidur di malam berikutnya. Sebaliknya, cahaya terang di pagi hari, ketika pertama kali bangun, memajukan siklus tidur, membuat Anda merasa ngantuk di pagi hari.

Bagi orang-orang yang tidur dengan paparan cahaya, hasil akhirnya adalah siklus tiduryang tidak teratur dan kondisi kesehatan yang buruk. Hubungan antara penerangan malam hari, gangguan tidur, dan risiko kesehatan juga begitu kuat.

Bangun dengan Keadaan Lelah

Bangun dengan keadaan lelah (iStockphoto)

Selama siang dan sore hari cahaya lampu memang akan meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati. Tapi cahaya ini tak baik dibawa saat tidur. Paparan cahaya sebelum atau selama waktu tidur dapat membuat Anda sulit untuk tidur dan tetap tidur karena otak tidak akan membuat cukup melatonin yang merangsang tidur.

Bahkan jika Anda berhasil tertidur dengan lampu menyala di kamar, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup tidur rapid eye movement (REM). Menurut National Sleep Foundation, tidur REM diyakini bermanfaat untuk belajar, memori, dan suasana hati. REM inilah yang dibutuhkan selama tidur malam untuk istirahat.

Paparan cahaya selama tidur membuat otak terus bekerja dan menganggu kualitas tidur. Irama dasar tubuh, termasuk siklus tidur, terkait dengan paparan cahaya. Akibatnya Anda merasa lelah keesokan harinya bahkan setelah tidur lebih dari 7 jam.

Depresi

Ilustrasi depresi (iStockphoto/AntonioGuillem)

Tidur dengan lampu menyala telah dikaitkan dengan depresi. Cahaya lampu saat tidur dapat memengaruhui suasana hati seharian. Ini juga termasuk cahaya biru pada gadget atau komputer. Gangguan tidur sangat terkait dengan risiko depresi dan pengalaman depresi.

Siklus tidur yang buruk dapat memengaruhi pola gelombang otak, produksi hormon, dan pengaturan sel. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry menunjukkan bahwa bahkan pencahayaan redup di malam hari - setara dengan cahaya malam - dapat meningkatkan perubahan fisiologis yang mengarah pada depresi pada tikus.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan kemurungan dan lekas marah. Anak-anak yang kurang tidur mungkin lebih hiperaktif.

Obesitas

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Satu studi pada wanita menemukan bahwa obesitas lebih banyak terjadi pada mereka yang tidur dengan televisi atau lampu menyala. Partisipan studi juga 17 persen lebih mungkin untuk menaikkan berat badan sekitar 5 kg dalam 1 tahun. Faktor yang paling banyak memengaruhi adalah sumber cahaya di dalam kamar. Ini bisa berupa cahaya lampu, tv, atau gadget.

Salah satu faktor dalam kekurangan obesitas yang disebabkan oleh tidur adalah asupan makanan. Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin sedikit tidur yang didapatkan, semakin banyak makanan yang kemungkinan akan dimakan pada hari berikutnya. Ini juga dapat memengaruhi waktu makan. Cahaya lampu dapat membuat Anda susah tidur sehingga memicu untuk ngemil larut malam. Ini sangat berpotensi menambah berat badan.

Peningkatan Risiko Penyakit Kronis

Ilustrasi orang sakit (sumber: iStockphoto)

Jika cahaya terus mengganggu tidur dalam jangka panjang, Anda bisa berisiko lebih tinggi terhadap penyakit kronis tertentu. Ini termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Cahaya pada malam hari adalah faktor risiko yang signifikan untuk mengembangkan kanker payudara, menurut para peneliti yang meninjau data dari 1.679 wanita dan menerbitkan temuan mereka di Chronobiology International. Peneliti juga menemukan bahwa siklus tidur yang kacau akibat cahaya dapat menganggu kesuburan.

Bagaimana jika hanya bisa tidur dengan lampu menyala?

ilustrasi tidur/copyright Shutterstock

Mungkin Anda terbiasa membiarkan lampu menyala saat tidur. Ini juga sering dialami oleh anak-anak yang takut gelap. Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan bohlam lampu malam merah atau oranye, gunakan cahaya redup agar tubuh dapat tetap memroduksi melatonin.

Selain itu, setelah bangun di pagi hari segeralah mencari cahaya matahari untuk membantu tubuh mengatur jam internalnya, terutama jika ingin menjaga waktu bangun yang konsisten. Berolahragalah di awal hari, seperti di pagi atau sore hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Undang Anak SD Asal Papua ke Istana, Akan Ajak Jalan-Jalan ke Dufan

Posted: 10 Oct 2019 10:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima sejumlah siswa Sekolah Dasar Kabupaten Jayapura dan Asmat, Provinsi Papua di Veranda Istana Merdeka Jakarta, Jumat (11/9/2019). Total ada 30 perwakilan siswa SD yang datang ke Istana.

Berdasarkan pantauan, para siswa tiba di Veranda Istana Merdeka pukul 09.52 WIB. Mereka kompak mengenakan baju bewarna merah.

Tak lama kemudian, Jokowi keluar dari Istana Merdeka dan menyalami mereka satu per satu.

Adapun siswa yang datang berasal dari SDN Inpres Kemiri, Sentani, Jayapura dan siswa SDN Inpres Mbait dan SDN YPPK AGATS. SDN Inpers Kemiri adalah siswa-siswa yang sekolahnya terkena banjir bandang Sentani.

Jokowi mengatakan, siswa SD yang datang ke Istana ini sebelumnya pernah bertemu dengannya pada Maret 2019 saat tengah meninjau banjir di Sentani.

Saat bertemu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pernah berjanji mengajak anak-anak tersebut untuk berkunjung ke Jakarta. Jokowi menyebut dirinya telah menepati janji.

"Yang penting Pak Presiden bulan Maret janji, waktu bapak ke lapangan (tinjau) banjir Sentani bertemu dan janji akan mengundang ke Jakarta. Yang penting janjinya sudah ditepati," kata Jokowi saat berdialog dengan anak-anak SD asal Papua di Istana Merdeka Jakarta.

Janjikan ke Dufan hingga Monas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalami perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Jokowi mengaku sudah berjanji untuk mengundang mereka ke istana saat mengunjungi Jayapura dan Asmat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi sempat menanyakan lokasi apa yang ingin dikunjungi anak-anak SD. Mereka pun menyampaikan kepada Jokowi ingin berjalan-jalan Monumen Nasional (Monas), naik Moda Raya Terpadu, hingga ke Dufan Ancol.

"Ingin ke Monas. Terus mau ke mana lagi? Naik kereta. Ingin naik kereta bawah tanah. Ingin ke stadion. Terus mau ke mana Dufan. Ke mana lagi? TMII boleh," ucap Jokowi.

Dia pun memastikan anak-anak dapat mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Para siswa pun tampak senang dijanjikan hal itu.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu siswa SDN Inpres Kemiri memberikan tas khas Papua bertuliskan Jokowi Presiden. Mereka juga memakaikan topi khas Papua kepada Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Temukan Piringan Hitam Terkubur di Rumahnya, Lagunya Bikin Penasaran

Posted: 10 Oct 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Piringan hitam atau vinyl adalah sebuah media penyimpanan suara analog yang terdiri dari piringan pipih dengan alur spiral tertulis dan termodulasi. Benda ini mulai ada dan dikenal sejak tahun 1948. Di Indonesia, piringan hitam mulai digunakan sebagai alat perekam sekitar tahun 1957. 

Beberapa artis seperti Koes Bersaudara, Titiek Puspa, dan Lilies Suryani adalah artis yang pernah merekam lagunya dalam format piringan hitam. Semakin berkembangnya zaman, piringan hitam sudah tak dipakai lagi. Bahkan benda hitam berdiameter sekitar 40 cm ini menjadi barang lawas dan antik. Kini justru banyak yang memburu piringan hitam sebagai koleksi.

Di saat para pecinta musik dan kolektor berebut untuk mencari piringan hitam lawas, pria ini justru mendapatkan piringan hitam yang tak sengaja ditemukan di dalam tanah rumahnya. 

Pria ini menemukan piringan hitam di dalam sebuah kaleng mirip kaleng biskuit yang terkubur saat rumahnya direnovasi. Tukang yang memperbaiki rumahnya tersebut menemukan "harta karun" dan diberikan kepadanya. Uniknya, piringan itu masih berfungsi dan memperdengarkan sebuah lagu. 

Diunggah di media sosial, lagu yang terekam di dalam piringan hitam itu justru membuat penasaran netizen. Lantaran tak ada yang tahu lagu apa itu. 

Temukan Piringan Hitam Terkubur di Rumahnya

Pria ini temukan piringan hitam sata rumahnya di renovasi, saat diputar lagunya bikin penasaran. (Sumber: Twitter/@howtodressvvell)

Penemuan unik tersebut dibagikan lewat akun Twitter @howtodressvvell pada 6 Oktober 2019 lalu. Dilansir oleh Liputan6.com, Jumat (11/10/2019) pemilik akun tersbeut menuliskan keterangan bahwa ia menemukan piringan hitam ketika rumahnya di renovasi. Terkubur di dalam tanah dan berada di dalam kaleng biskuit. 

Orang yang menemukannya adalah tukang bangunan yang sedang mengurus rumahnya. Lewat akun @howtodressvvell ia menuliskan, 

"baru aja ngalamin hal unik. kuli bangunan nemuin vinyl di rumah w yg lg direnov" tulis cuitan akun tersebut. 

Menemukan benda lawas, sang pemilik akun pun penasaran dengan rekaman apa yang ada di piringan hitam tersebut. Rupanya, piringan itu masih berfungsi dan berhasil di-convert lalu diunggah di media sosial. 

Terdengar lagu lawas khas tahun 60-70an dengan suara wanita. Masih terdengar jelas, para netizen pun meramaikan cuitan tersebut. 

Netizen Penasaran

Pria ini temukan piringan hitam sata rumahnya di renovasi, saat diputar lagunya bikin penasaran. (Sumber: Twitter/@howtodressvvell/@boybaroto)

Tak hanya mengunggah foto penemuannya, @howtodressvvell juga mengunggah rekaman suara yang ada di piringan hitam tersebut. Berdurasi 2 menit 20 detik, terdengar lagu lawas dengan suara wanita. 

"karena penasaran dicoba puter, eh masih bisa! gua convert nih. ada yg tau ini lagu siapa?" tulis pemilik akun. 

Penasran, netizen pun juga turut mendengarkan lagu tersebut. Netizen yang juga penasaran punberlomba-lomba mencari penyanyi dan judul lagunya. Beberapa netizen berspekulasi bahwa lagu itu dinyanyikan antara Tetty Kadi, Ernie Djohan, Lilis Suryani. Ada pula yang menyebut Rika Suseno (1981) dalam album Permata dan sebagainya. 

"keren bgt. bayangin yang ngubur itu pasti punya kenangan sendiri sama lagu itu sampe dimasukin time capsule. sayangnya gaada notesnya. mungkin ini lagu yang diputer pas dansa, kenapa gemes sekali:(" tulis @@tasyaprhy.

"GA TAU LAGU SIAPATAPI INI HARTA KARUN BANGETKONDISINYA BAGUS BANGET GA KRESEK2!!!" imbuh @picsartso.

"Denger lagu ini dgn penghayatan berasa kita balik ke kehidupan puluhan tahun silam." timpal @Nu_Riyadhinoo. 

"Udah nanya nyokap, gak tau ey. Coba share ke grup keluarga sepuh deh," ide dari @j_fajriah. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SMI Siap Jadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia

Posted: 10 Oct 2019 10:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana membentuk lembaga pembiayaan yang bertujuan untuk membantu badan usaha mewujudkan pembangunan di Indonesia. Rencana tersebut hingga kini masih dalam tahap pembahasan bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Edwin Syahruzad mengatakan, pihaknya siap jika ditunjuk menjadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia. Kinerja SMI yang cukup bagus menjadi modal ke depan.

"Dari kesiapan, kita siap. Tapi kalau ada undang-undang," ujar Edwin saat media gathering di Pulau Seribu, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Edwin mengatakan, dengan beralihnya SMI menjadi lembaga pembiayaan maka akan memperkuat kondisi keungan perusahaan pelat merah tersebut. Selain itu, investor juga akan semakin percaya diri menjalin kerja sama dengan SMI dalam rangka penggarapan proyek.

"Dari institusi, kita yang sekarang kan kredibilitas tertinggi. Rating kita triple A, kalau single A mungkin butuh banyak dukungan. Tapi sebagai PT, kami dengan dukungan Kemenkeu dan kinerja kami, kami punya fleksibilitas tertinggi di masyarakat. Cara pandang investor akan lebih yakin lagi. Ada Kemenkeu di belakang kami yang beri dukungan," jelasnya.

Sebagai informasi, SMI didirikan pada 26 Februari 2009 di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur.

SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/ fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral.

SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah. SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu Pembiayaan dan Investasi, Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta Pengembangan Proyek.

 

 

SMI Kucurkan Rp 346 Miliar untuk Bangun Infrastruktur di Ibu Kota Baru

SMI.

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) memberikan pinjaman sebesar Rp 346 miliar untuk pembangunan jalan dan rumah sakit di Penajam Pasir, Kalimantan Timur. Seperti diketahui, Penajam Pasir baru-baru ini ditunjuk oleh pemerintah menjadi ibu kota baru.

Ini diungkapkan Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Edwin Syahruzad. "Yang jelas proyeknya di Penajam Pasir itu, kabupaten yang terdekat dengan daerah ibu kota baru kami memberikan pembiayaan untuk pembangunan jalan dan rumah sakit. Itu nilainya Rp 346 miliar, itu kita laksanakan penandatanganan di tahun 2017," ujar dia di Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Hingga kini belum ada lagi permintaan baru dari pemerintah daerah Penajam Pasir untuk mendanai pembangunan jalan atau pun infrastruktur lain. Meski demikian, perusahaan pelat merah itu siap mendanai apabila ada kebutuhan tambahan.

"Belum, belum ada yang baru. Pasti ya, SMI akan terlibat. Saya pastikan. Karena apa karena memang kami adalah institusi yang sangat terdepan dalam mendorong pembiayaan infrastruktur di mana pola pembangunan infrastruktur tersebut mengurangi ketergantungan kepada APBN," jelasnya.

Pembiayaan yang dilakukan melalui SMI akan mengurangi ketergantungan pendanaan proyek melalui Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN). Skema pembiayaan tersebut biasanya dikenal dengan skema creative financing.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taman Pancawarna, Pilihan Spot Foto Cantik Para Pengunjung

Posted: 10 Oct 2019 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Taman yang tertata indah, jadi cerminan kota dengan kualitas masyarakatnya. Keberadaaan taman kota pun bukan sekadar untuk memperindah suasana, tapi sekligus sebagai sarana untuk saling bertoleransi sebagai sesama warga kota.

Nah di Purwakarta, ada taman kota yang hadir dan dipadati khalayak ramai. Salah satunya adalah Taman Pancawarna yang berlokasi di sebelah Kantor Bupati Purwakarta.

Meski begitu, tidak ada kesan kaku sebagaimana lazimnya suasana kisaran kantor pemerintahan. Jauh dari itu, suasana Taman Pancawarna terasa menyenangkan dan menenteramkan secara bersamaan.

Nama Pancawarna pun punya arti, yaitu lima warna yang secara simbolis cukup menggambarkan suasana taman. Ketika memasuki area Taman Pancawarna, Anda akan disambug warna-warni bunga.

Kolam dengan air mancur mengelilingi bangunan pendopo. Di sebelahnya terdapat sebuah jembatan kecil melengkung nan elok yang membawa ke pelataran kantor Bupati yang gagah dihiasi kereta kencana. Banyak banget spot foto yang bikin konten Instagram jadi makin menarik.

Oh ya menariknya, Anda bisa masuk dan menikmati keindahan Taman Pancawarna secara cuma-cuma pada waktu yang disediakan. Tapi ada syaratnya. Tidak boleh menginjak rumput, apalagi membuang sampah sembarangan!

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LPSK Tanggung Biaya Pemulihan Wiranto dan Kapolsek Menes

Posted: 10 Oct 2019 10:34 PM PDT

Fokus, Jakarta - Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Susilaningtias, pada Kamis, 10 Oktober 2019 malam mengunjungi RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat untuk menjenguk Menko Polhukam Wiranto yang tengah menjalani perawatan akibat diserang dua orang yang diduga kelompok JAD.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (11/10/2019), karena sudah terlalu malam, dia tidak bisa menemui Wiranto dan hanya diterima dokter yang berjaga.

Selain menjenguk, Susilaningtias mendatangi rumah sakit juga untuk menyampaikan ke rumah sakit bahwa LPSK akan menanggung biaya pemulihan Menkopolhukam Wiranto dan Kapolsek Menes Kompol Daryanto. 

"Kami sudah sampaikan, tetapi kami belum diskusi lebih lanjut dengan pihak Rumah Sakit, Kepala Rumah Sakit karena pejabat tidak ada, sudah malam," ujar Wakil Ketua LPSK Susilaningtias.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Arsenal Masih Idamkan Real Madrid

Posted: 10 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Gelandang Arsenal, Dani Ceballos masih memendam hasrat untuk kembali ke Real Madrid. Ceballos saat ini membela Arsenal dengan status pinjaman dari raksasa Spanyol tersebut.

"Saya tak pernah berpikir untuk pindah secara permanen. Tujuan saya adalah sukses di Real Madrid. Saya akan berjuang untuk mimpi saya," kata Ceballos seperti dilansir Sportskeeda.

Ceballos datang ke Arsenal dengan status pinjaman. Ia tak mendapat tempat di sektor gelandang Real Madrid yang dihuni Toni Kroos, Casemiro, dan Luka Modric.

Cerita berbeda dialaminya di Arsenal. Bersama Meriam London, Ceballos masuk ke dalam skuat utama dan telah tampil di 10 laga.

Gelandang berusia 23 tahun itu bahkan menggeser Mesut Ozil dari skuat inti Arsenal. Ceballos mengakui, hal itu terjadi lantaran peran pelatih Unai Emery.

"Dengan kepercayaan dari Emery, saya punya kesempatan bermain di Piala Eropa," kata gelandang asal Spanyol tersebut.

 

Bidik Piala Eropa dan Olimpiade

Gelandang Arsenal, Dani Ceballos. (AP Photo/Matt Dunham)

Ya, Ceballos ternyata juga membidik satu tempat di timnas Spanyol untuk Piala Eropa dan Olimpiade. Untuk itulah, ia hengkang ke klub yang dapat memberinya kesempatan bermain reguler.

"Itu (Piala Eropa, red) adalah hal yang barangkali tidak terjadi lagi di hidup saya. Saya akan memercayai mimpi saya di klub ini," ujar Ceballos.

"Ada dua turnamen yang menuntut tanggungjawab. Saya tak peduli jika tak berlibur. Saya masih 23 tahun dan saya akan beristirahat ketika saya tua," katanya mengakhiri.

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

by.U Jadi Jurus Telkomsel Raih Pengguna Milenial

Posted: 10 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel baru saja mengumumkan kehadiran produk terbarunya yang diberi nama by.U. Produk anyar ini tampil beda sebab khusus menyasar generasi milenial yang kehidupannya lekat dengan gagdet dan internet.

Oleh sebab itu, by.U menawarkan layanan telekomunikasi yang seluruhnya dapat diakses dan dikontrol melalui aplikasi. Telkomel juga menjanjikan informasi yang transparan bagi pengguna by.U.

"by.U merupakan produk yang ditunggu-tunggu generasi muda, sebab menjawab kebutuhan mereka. Seluruh layanan yang dibutuhkan pengguna, kami tawarkan lewat produk ini," tutur Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini saat peluncuran by.U di Jakarta.

Kehadiran produk ini juga sekaligus memperkuat merek Telkomsel di kalangan generasi muda. Namun mengingat pasar generasi Z ini berbeda dari generasi sebelumnya, Telkomsel merilis produk ini dengan pendekatan yang baru pula.

Hal itu ditunjukkan dengan pendekatan Telkomsel dalam merilis by.U. Emma menuturkan layanan ini sepenuhnya customer driven, bukan lagi product driven (ditentukan operator) seperti di layanan telekomunikasi saat ini.

"Layanan by.U dapat diibaratkan pizza dengan topping-nya. Jadi, pengguna dapat memilih adonannya dan memilih topping-nya(paket add-on). Topping itu dapat dipilih untuk apa, mulai YouTube atau layanan lain," tuturnya menjelaskan.

Kehadiran by.U juga tidak lepas dari image Telkomsel saat ini. Emma mengatakan Telkomsel sekarang merupakan market leader di Indonesia, tapi dia juga mengakui bahwa operator yang identik dengan warna merah ini juga dikenal sebagai old brand. 

"Telkomsel sudah berusia dua puluh empat tahun, itu sudah bukan lagi teenager. Sadar tidak sadar, kami itu old brand. Karenanya, kami memperkenalkan produk baru dan mengubah pandangan tersebut itu ke generasi Z," tutur Emma menuturkan.

Tidak Kanibal dengan Layanan Lain

Peluncuran by.U dari Telkomsel. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Emma juga mengatakan bahwa by.U tidak akan mengganggu kehadiran produk lain di Telkomsel, seperti Loop yang juga menyasar generasi muda. Sebab, produk anyar ini memang ditujukan untuk pasar yang berbeda dan sangat tech savvy.

"Kalau dibandingkan dengan Loop, (layanan) itu tidak dapat dikustomisasi. Sementara itu by.U itu customer driven, sehingga bisa dilakukan," tuturnya menjelaskan.

Selain itu, by.U ditujukan untuk pengguna yang sangat mengandalkan gadgetnya, berbeda dari pengguna Loop yang belum ke tahap itu. Karenanya, seluruh layanan by.U diakses melalui aplikasi dan Loop dapat dilayani secara konvesional. 

Layanan by.U Seluruhnya Digital

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Mengingat by.U ditujukan untuk generasi muda yang kehidupannya lekat dengan gadget dan internet, Telkomsel membuat seluruh proses pemesanan hingga aktivasinya dilakukan melalui aplikasi.

Tidak hanya itu, aplikasi by.U juga dapat digunakan untuk membeli paket beserta add-on yang diinginkan termasuk mengakses layanan pelanggan saat menemui kendala.

"Seluruh layanannya akan dilayani secara digital end-to-end, mulai dari aktivasi hingga layanan pelanggan. Tidak ada involvement dengan orang. Jadi, tidak perlu membeli produk ini di outlet atau Grapari. Semuanya, semaunya," tutur Emma.

Adapun kartu SIM yang akan dipakai nantinya akan dikirimkan ke alamat pengguna, setelah proses pendaftaran selesai dilakukan. Telkomsel juga menyediakan customer care khusus yang diberi nama Nindy.

Nantinya, aplikasi by.U akan tersedia untuk platform Android dan iOS. Namun, untuk pengguna iOS diharap sedikit bersabar karena aplikasi by.U akan lebih dulu menyambangi Play Store sebelum hadir di App Store.

Untuk sekarang, layanan by.U belum tersedia di semua kota di Indonesia. Sebagai informasi, layanan pesan-antar kartu SIM ini baru tersedia di Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Depok.

Selain itu, by.U juga menjangkau beberapa universitas di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran (Jatinangor), Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya.App Store.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kornea Mata Terluka, Salshabilla Adriani Sempat Tak Bisa Melihat

Posted: 10 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Softlens menjadi salah satu aksesoris yang penting bagi seorang selebritas, termasuk Salshabilla Adriani. Baginya, alat bantu melihat itu bukan saja untuk mempercantik diri tapi juga pengganti kacamata.

Salshabilla Adriani sudah mengenakan softlens selama lima tahun terakhir. Namun, baru-baru ini ia mengalami hal yang tak mengenakan pada matanya.

Padahal saat itu, Salshabilla Adriani harus menjalani ujian di kampusnya. Namun, pengelihatannya tak seterang biasanya. Ia sempat berpikir polusi Jakarta yang cukup ekstrem.

Lantaran harus tetap menjalani ujian, meski mata tak enak pemain film Warkop DKI Reborn 3 ini akhirnya membuka softlens-nya. Namun ternyata tak berubah, bahkan matanya berair dan akhirnya tak bisa melihat apa-apa.

Salshabilla Adriani menceritakan kejadian tersebut di Instagram Stories, yang diunggah kembali oleh akun Instagram gosip @tantee_reempong_oficiall, Kamis (10/10/2019).

Tak Bisa Pakai Softlens Lagi

Salshabilla Adriani (Foto: Instagram/@tantee_reempong_oficiall)

Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata dokter memvonis kornea mata Salshabilla Adriani terluka. Dan ia tak boleh lagi memakai softlens lantaran pembuluh darah sudah masuk ke kornea yang membuatnya dehidrasi.

Setelah menjalani perawatan sekitar enam jam, akhirnya eye patch-nya dibuka, namun mata kanan Salshabilla masih merah dan sedikit berair. Dan ia juga masih merasakan perih yang tak tertahankan, akhirnya dia memilih untuk memejamkan mata. 

Pengakuan

Salshabilla Adriani (Foto: Instagram/@salshabillaadr)

Setelah menceritakan segala kejadian matanya di Instagram Stories, seorang penggemar yang juga mengenakan softlens menanyakan proses pemakaiannya pada Salshabilla.

"Aku bener2 setiap hari dan aku selalu bilang mataku mata "kuat" karna jarang perih & bukan tipe mata kering jadi ga harus tetes. Dan bodohnya tp terkadang suka kebawa tidur sama aku, bukan tidur malem hari sih (pernah sih tp ketiduran subuh baru buka heee) tapi lebih sering kayak tidur2 bentar gitu loh kayak dimobil, di pesawat, di kereta," jawabnya.

Salshabilla tak menampik dirinya kerap kena marah keluarga dan sahabatnya karena jarang memakai tetes mata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kang Sora Puji Akting Sheryl Sheinafia di Film Bebas

Posted: 10 Oct 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan akting Sheryl Sheinafia di film Bebas, dipuji Kang Sora yang merupakan pemain dari Sunny. Pujian ini disampaikan saat Kang Sora datang ke Jakarta untuk menghadiri pre-event Korea Indonesia Film Festival 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut: Ketidakpastian Global Picu Daya Saing Indonesia Turun

Posted: 10 Oct 2019 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan angkat suara perihal daya saing Indonesia yang turun di kancah global. Forum Ekonomi Dunia (WEF) melaporkan, posisi daya saing Indonesia berada di tingkat 50, turun 5 angka dibandingkan tahun 2018 lalu yang berada di posisi ke-45.

"Ekonomi global ketidakpastianya sangat tinggi. Saya bicara di IMF Bloomberg Forum. Semua menyatakan ketidakpastian ekonomi luar biasa," ujar dia di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Luhut menjelaskan, kelanjutan perang dagang AS-China turut serta mempengaruhi ekonomi dunia. Belum lagi aksi demonstran yang terjadi di negara Hong Kong.

"Jadi sekarang Anda lihat trade war AS-China yang impossed tarif ke EU, Hong Kong juga uncertainty-nya tinggi," ujarnya.

Asal tahu saja, dalam laporan WEF yang bertemakan Global Competitiveness Index 2019, Singapura tercatat sebagai negara terbaik nomor satu di dunia dalam hal [daya saing ]( 4082787 "")global.

Adapun negara adidaya yakni AS berada di peringkat kedua. Negara ini tepat di bawah Singapura yang peringkatnya turun akibat memanasnya perang dagang AS dengan China.

Menko Darmin Ungkap Penyebab Turunnya Peringkat Daya Saing Indonesia

World Economic Forum (WEF) bermarkas di Geneva Swiss.

Peringkat daya saing Indonesia turun lima peringkat pada 2019, yakni berada di posisi 50 dari yang sebelumnya berada di urutan 45 pada 2018. Indonesia hanya berhasil mengantongi skor 64,6, turun tipis 0,3 dari tahun lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, turunnya posisi peringkat daya saing Indonesia dikarenakan beberapa perbaikan yang di lakukan di Tanah Air belum berjalan maksimal. Sementara di sisi lain, negara-negara berada di atas Indonesia perbaikannya sudah lebih baik dan cepat.

"Turun 0.3 poin skornya itu tapi peringkatnya turun 5 dari itu. Sebetulnya pasti penyebabnya karena orang lain perbaikinnya lebih cepat (dari kita)," kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (10/10).

 

Melihat kondisi tersebut, Menko Darmin menyatakan bakal ada perubahan-perubahan besar untuk mendongkrak kembali peringkat daya saing Indonesia. Baik itu masalah perizinan, hingga pada kebijakan lainnya. Beberapa hal tersebut pun, nantinya bakal disampaikan oleh pemerintahan selanjutnya.

"Nanti itu akan diresmikannya dan di umumkannya pada awal pemerintahan baru Pak Jokowi sekarang ktia tuntaskan dulu mudah-mudahan beberapa hari ini tuntas walaupun tidak berarti pekerjaan rumahnya selesai," kata dia.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut mengatakan beberapa fokus yang dikerjakan di sisa masa akhirnya yakni masalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Nantinya dia menginginkan agar pemberian IMB bisa dilakukan melalui Online Single Submission (OSS).

"Contoh IMB misalnya itu barang paling susah dapatnya gak tau berala lama baru keluar karena keputusnnya di ambil dalam rapat, rapatnya berapa kali kita gak tau. Ke depannya mau kita ubah. Ada standarnya bangunan itu ada standarnya itu yang gak pernah kita buat selama ini," jelasnya.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani pun berpendapat sama. Dia menilai sebetulnya skor peringkat daya saing Indonesia bukannya turun, hanya saja negara-negara lain lompatannya jauh lebih cepat dari Indonesia. Sebab itu, salah satu upayanya mendongkrak kembali adalah mendorong Sumber Daya Manusia (SDM).

"Ini sebetulnya sudah di addres pemerintah masalah human capital jadi pekerjaan rumah utama dan ini akan menajdi priroitas Pak Presiden lima tahun ke depan bagaimana human capital ini sehingga tentunya produktifitas meningkat dan daya siang tinggi," kata dia.

Rosan mengatakan, persoalan ini memang tidak bisa diselesaikan pemerintah sendiri maupun dunia usaha. Oleh sebab itu, masalah ini perlu dipikirkan secara bersama-sama oleh Kementerian Lembaga (KL) terkait lainnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Penembakan di Luar Sinagog Jerman Diidentifikasi, Jaksa: Ia Anti-Semit

Posted: 10 Oct 2019 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Halle - Pada Rabu 9 Oktober 2019, terjadi sebuah penembakan di luar sinagog (tempat ibadah orang Yahudi), di Jerman. Insiden tersebut merenggut dua nyawa di hari Yom Kippur, sebuah hari paling suci di Yudaisme.

Setelah sempat menjadi buron dan berhasil ditangkap, kini tersangka penembakan disebutkan sebagai Stephen Balliet. Pria 27 itu kemudian menjalani identifikasi lebih lanjut terkait motif penembakan yang dilakukan olehnya.

Dikutip dari Upi, Jumat, (11/10/2019) jaksa penuntut di Jerman mengatakan pria tersebut ternyata dimotivasi oleh sebuah pandangan ekstrem dan 'Anti-Semit'.

Saat ia melakukan penembakan tersebut, Stephen sempat memposting video selama 35 menit ke layanan streaming 'Twitch'. Dalam rekaman tersebut ia mengatakan kata-kata kasar dan menjurus ke anti-semit, seraya menyebut tragedi Holocaust tidak pernah terjadi.

Dalam rekaman tersebut juga diketahui Ia terus mencaci maki orang-orang Yahudi, dan mengatakan bahwa mereka adalah akar dari masalah yang terjadi di hari ini.

Polisi juga sempat mengatakan bahwa pria itu tidak bisa masuk ke sinagog, sehingga ia melakukan penembakan di luarnya dan menembak seorang wanita di jalan lalu pergi ke toko kebab di dekatnya.

 

Reporter: Windy Febriana

Memicu Penutupan Stasiun

Seorang pria berjalan membawa senjata di jalanan Halle an der Saale, Halle, Jerman, Rabu (9/10/2019). Selain melepaskan tembakan, pelaku juga sempat melemparkan sebuah granat tangan ke pemakaman Yahudi. (Andreas Splett/ATV-Studio Halle/AFP)

Insiden penembakan itu sebelumnya mengakibatkan stasiun kereta api utama Halle ditutup. Semua operasi kereta api utama ditangguhkan setelah dilaporkan terjadi penembakan.

Upaya itu dilakukan guna menghentikan penyerang melarikan diri lebih jauh.

Penembakan itu juga dilaporkan memicu gelombang besar polisi ke kota. Di antara mereka adalah unit SEK, elit unit polisi anti terorisme Jerman. 

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto Ditusuk, Jokowi Mengaku Akan Tetap Terima Ajakan Berselfie Warga

Posted: 10 Oct 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikenal sebagai sosok yang tak sungkan berhadapan dengan warga. Disela-sela kunjungan kerjanya, Jokowi kerap kali bersalaman atau berswafoto dengan masyarakat.

Jokowi memastikan hal ini tidak akan berubah, meski pasca-penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku akan tetap menerima ajakan warga yang ingin swafoto dengannya.

"Ya masih lah, selfie aja nggak apa-apa," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Menurut dia yang terpenting adalah para pasukan pengamanan presiden (Paspampre) harus tetap waspada. Jokowi menyebut kewaspadaan paspampres juga akan ditingkatkan pascapenyerangan Wiranto.

"Biasa, tetapi kewaspadaan Paspampres akan lebih ditingkatkan setelah peristiwa kemarin," ujar dia.

Pengamanan Terhadap Pejabat Negara Diperketat

Presiden Joko Widodo didampingi Kepala Staf Kepresiden Moeldoko dan Mensesneg Pratikno menyampaikan keterangan terkait revisi UU KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/9/2019). Jokowi menyatakan mendukung sejumlah poin dalam draf revisi UU KPK. (Liputan6.com/HO/Kurniawan)

Sebelumnya, Jokowi telah meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian memperketat pengamanan terhadap pejabat negara. Hal ini disampaikan Jokowi pasca-penusukan kepada Menko Polhukam Wiranto.

"Ya nanti saya sudah perintahkan kepada Kapolri untuk berikan pengamanan yang lebih baik (kepada pejabat negara)," ujar Jokowi usai menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019. 

Jokowi juga memerintahkan Kapolri, Kepala BIN Budi Gunawan, serta dibantu TNI untuk mengusut tuntas dan menindak tegas pelaku penusukan Wiranto. Dia juga mengajak masyarakat untuk memerangi radikalisme dan terorisme di Indonesia.

"Yang paling penting jaringan ini harus dikerjar dan dituntaskan, diselesaikan," tegas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Wajah Tanpa Riasan, Cassandra Lee Deg-degan

Posted: 10 Oct 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang selebritas, Cassandra Lee dituntut untuk selalu tampil sempurna di mata publik. Namun baru-baru ini, Cassandra Lee buka-bukaan soal kekurangan yang dimilikinya.

Dalam unggahan foto di Instagram, Cassandra Lee dengan percaya diri memperlihatkan freckles yang tersebar di beberapa bagian wajahnya. Alis dan bibir pesinetron ini juga tidak dihias dengan makeup apa pun.

"Hey guys, so this is me. Completely barefaced. Ini adalah muka aku dengan segala kekurangannya. Jerawat, freckles, ga ngalis, ga nutup tanda lahir, ga nyatok," tulis Cassandra Lee, Rabu (9/10/2019).

Pertama kali menunjukkan wajah alaminya, Cassandra Lee mengaku deg-degan. Namun setelah meminta pertimbangan dari orang-orang terdekat, ia mantap meneruskan niatnya untuk mengunggah foto tersebut.

"Jujur agak deg2an post kyk gini, sempet nanya temen2, mama jg, tp setelah dipikir2 ya bodo amat lah," tuturnya. 

 

Sayang Diri Sendiri

Cassandra Lee (Foto: Instagram/@cassandraslee)

Cassandra Lee menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu, wanita yang akrab dipanggil Cassie ini secara perlahan menerima kondisi wajahnya dengan lapang dada.

"Dr dulu aku selalu dituntut harus bersih mukanya, harus cantik, ya manusia gaada yng kyk gitu aslinya. Emang kita bs treatment hapus kekurangan kita, aku pun begitu. Tp lama2 aku mulai belajar hrs sayang diri sendiri," lanjutnya.

 

Jangan Menyakiti Orang Lain

Cassandra Lee (Foto: Instagram/@cassandraslee)

Tak lupa, Cassandra Lee juga meminta penggemarnya untuk mencintai diri sendiri tanpa memusingkan pendapat orang lain. Menurutnya, lebih baik tidak bicara sama sekali daripada hanya menyakiti perasaan orang lain.

"Aku harap kalian jg bs belajar menyayangi tubuh kalian. Dan buat yang suka berkomentar atau kasih 'unwanted' opinion yang tidak layak diomongin langsung ke orangnya : 'If you cannot say something nice, then do not say anything at all'," tutup Cassandra Lee.

 

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulau Komodo Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata Safari Eksklusif Seperti Afrika

Posted: 10 Oct 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Pulau Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dikemas menjadi destinasi eksklusif.

Pulau Komodo akan disulap seperti destinasi wisata di Afrika. Anyarnya, sebuah research centre akan dibangun di pulau tersebut.

"Kita tinggal koordinasikan, kita lihat perusahaan yang mengelola itu. Harusnya perusahaan yang bonafide. Baik itu perusahaan luar atau dalam," ujar dia Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Sebagai warisan dunia, berwisata ke Pulau Komodo nantinya akan merogoh kocek yang cukup dalam. Tetapi, penerimaan tiket akan diputar kembali untuk pengelolaan taman komodo, juga untuk kesejahteraan warga sekitar.

"Itu seperti Safari di Kenya, orang datang saja bisa USD 3.500 per malam. Ini sekaligus untuk melindungi agar warga sejahtera dan daerah sekitar kawasan," ujarnya.

Luhut pun memberi sinyal, bahwa telah ada sejumlah investor yang siap masuk ke Pulau Komodo yang berada di provinsi NTT tersebut.

"Saya berharap tahun depan sudah masuk, entah itu kuartal I, kuartal II. Banyak kok yang masuk, kita belum ngomong saja," pungkasnya.

 

 

 

KEIN Dukung Pulau Komodo jadi Destinasi Wisata Eksklusif

Pulau Komodo / Sumber: iStockphoto

Usulan Kemenko Maritim agar Pulau Komodo dijadikan destinasi eksklusif dengan tarif khusus didukung penuh oleh Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN).

Anggta KEIN sekaligus Ketua Pokja Industri Pariwisata KEIN Dony Oskaria mengatakan, usulan Kemenko Maritim sudah sesuai dengan kondrat destinasi Pulau Komodo.

"Saya mendukung penuh Pulau Komodo dijadikan destinasi Eksklusif karena DNA wisata warisan dunia tersebut berkategori special interest tourism atau wisata minat khusus. Oleh karena itu, destinasi semacam itu harus dikemas secara khusus pula agar tetap bisa mempertahankan prinsip sustainability di satu sisi dan keasliannya di sisi lain", ungkap Dony di Jakarta, Sabtu (5/10/19).

Dony menambahkan, wisata minat khusus memang harus dibanderol dengan tarif premium untuk menunjukan kepada khalayak bahwa Pulau Komodo adalah istimewa dan memang benar-benar unik. Secara prinsip, special interest tourism bersifat high cost low impact.

Karena sifatnya khusus, harganya atau cost of product-nya juga khusus, dan impact sosial ekonominya kepada masyarakat sekitar kecil, apalagi Pulau Komodo berupa sebuah pulau, yang tak banyak dikelilingi oleh pemukiman penduduk.

Oleh karena itu, kata Dony, kekhususan dan keunikan Pulau Komodo akan berakibat pada biaya pengembangan dan perawatannya nanti menjadi tinggi, sesuai dengan nilai Pulau Komodo yang juga bernilai sangat tinggi.

Justru jika Pulau Komodo dijadikan destinasi mass tourism atau wisata masal, walaupun cost of product-nya murah, ancaman kepunahan dan kerusakan lingkungannya akan sangat besar, yang akan mengurangi nilai (value) Pulau Komodo di satu sisi dan menggelembungkan biaya rekonstruksinya nanti jika sudah terlanjur rusak, di sisi lain.

"Jadi, saya setuju dan mendukung usulan Kemenko Maritim menjadikan Pulau Komodo sebagai destinasi high end dengan cost of product yang sepadan pula. Harga yang mahal nantinya akan diikuti dengan konsep pengembangan yang eksklusif, yang ditujukan untuk memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, harga yang khusus akan mengundang rasa penasaran segmen pasar berkocek tebal di seluruh dunia untuk datang ke Pulau Komodo. Kami tak sabar menunggu realisasi usulan tersebut", tutup Dony

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Rumah Yuni Shara, Mewah dan Instagramable

Posted: 10 Oct 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal sosok Yuni Shara? Wanita asal Batu, Jawa Timur ini merupakan salah satu penyanyi yang berhasil mempertahankan kariernya di tengah banyaknya bintang muda yang bermunculan. Meski sudah jarang tampil di layar kaca, Yuni Shara masih banjir job untuk tampil di acara off air.

Tak hanya sukses di dunia entertaiment, kakak Krisdayanti ini juga terjun ke dunia bisnis. Seperti diketahui, Yuni Shara kini sudah memiliki setidaknya lima bisnis yang ia jalankan sejak beberapa tahun belakangan ini.

Salah satu bisnis yang dimiliki wanita kelahiran Batu, 3 Juni 1972 ini adalah tambang batu bara dan konstruksi yang menjual bahan pembuatan jalan. Maka tak heran jika kehidupan Yuni Sharaa tak jauh dari kata mewah.

Menyandang status sebagai artis dan pebisnis, Yuni Shara dan kedua anaknya kini tinggal di rumah yang mewah dan bergaya klasik modern. Rumah yang bergaya klasik ini memang terlihat besar serta terdapat taman belakang yang luas dan asri. Hunian yang ditinggali Yuni Shara juga ada spot Instagramable.

Penasaran seperti apa penampakan rumah mewah Yuni Shara? Berikut potretnya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (11/10/2019).

1. Begini potret rumah Yuni Shara dari luar, terlihat begitu rindang dan banyak pepohonan yang tumbuh

Rumah Yuni Shara (Sumber: Youtube/Cumicumi)

2. Di rumah Yuni Shara terdapat taman yang luas. Ia juga menanam tanaman yang diinginkan agar rumahnya terpenuhi pepohonan hijau

Rumah Yuni Shara (Sumber: Youtube/Cumicumi)

3. Dapur di rumah Yuni Shara dipenuhi dengan pernak-pernik yang indah. Meski begitu warna putih pun masih mendominasi

Rumah Yuni Shara (Sumber: Youtube/Cumicumi)

4. Lorong di rumah Yuni Shara dimanfaatkan untuk memajang foto yang merekam perjalanannya sebagai penyanyi

Rumah Yuni Shara (Sumber: Youtube/Cumicumi)

5. Salah satu yang mencuri perhatian, tangga menuju lantai dua di rumah Yuni Shara terlihat Instagramable

Rumah Yuni Shara (Sumber: Youtube/Cumicumi)

6. Salah satu ruangan yang tidak bercat putih. Ia memilih warna merah marun agar pajangan foto yang ada terlihat sesuai

Rumah Yuni Shara (Sumber: Youtube/Cumicumi)

7. Yuni Shara memiliki ruang khusus untuk melepas penat dengan melukis. Ini adalah beberapa karya lukisannya

Rumah Yuni Shara (Sumber: Youtube/Cumicumi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penuhi Janji, Jokowi Undang Anak-Anak SD Papua ke Istana

Posted: 10 Oct 2019 10:15 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalami perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Jokowi mengaku sudah berjanji untuk mengundang mereka ke istana saat mengunjungi Jayapura dan Asmat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalami perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Jokowi mengaku sudah berjanji untuk mengundang mereka ke istana saat mengunjungi Jayapura dan Asmat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapatkan hadiah dari perwakilan anak-anak sekolah dasar Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Pertemuan Jokowi dengan perwakilan anak-anak SD dari Papua digelar dalam suasana santai di beranda belakang Istana Merdeka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapatkan hadiah dari perwakilan anak-anak sekolah dasar Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Pertemuan Jokowi dengan perwakilan anak-anak SD dari Papua digelar dalam suasana santai di beranda belakang Istana Merdeka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menerima kedatangan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua kompak menggunakan baju merah dan topi rumbai. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menerima kedatangan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua kompak menggunakan baju merah dan topi rumbai. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bercengkerama dengan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua tersebut akan diajak jalan-jalan keliling Jakarta didampingi oleh staf Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bercengkerama dengan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua tersebut akan diajak jalan-jalan keliling Jakarta didampingi oleh staf Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bercengkerama dengan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Jokowi menerima kedatangan 30 anak-anak sekolah dasar dari Jayapura dan Asmat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bercengkerama dengan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Jokowi menerima kedatangan 30 anak-anak sekolah dasar dari Jayapura dan Asmat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memasang topi rumbai saat menerima perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Jokowi mengaku sudah berjanji untuk mengundang mereka ke istana saat mengunjungi Jayapura dan Asmat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memasang topi rumbai saat menerima perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Jokowi mengaku sudah berjanji untuk mengundang mereka ke istana saat mengunjungi Jayapura dan Asmat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua menari saat diundang ke Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Pertemuantersebut digelar dalam suasana santai di beranda belakang Istana Merdeka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua menari saat diundang ke Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Pertemuantersebut digelar dalam suasana santai di beranda belakang Istana Merdeka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak makan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua kompak menggunakan baju merah dan topi rumbai. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak makan perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua kompak menggunakan baju merah dan topi rumbai. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi foto bersama perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua tersebut akan diajak jalan-jalan keliling Jakarta didampingi oleh staf Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi foto bersama perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Perwakilan anak-anak sekolah dasar dari Papua tersebut akan diajak jalan-jalan keliling Jakarta didampingi oleh staf Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genap Kepala Tiga, Ini 6 Momen Perayaan Ulang Tahun Jennifer Dunn

Posted: 10 Oct 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jennifer Dunn, atau yang lebih akrab disapa Jedun kemarin, Kamis (10/10/2019) baru saja merayakan hari ulang tahunnya ke-30. Dalam usianya yang genap kepala tiga ini, Jedun telah mengubah penampilannya.

Penampilan Jennifer Dunn beberapa waktu lalu telah berubah dengan mengenakan hijab. Kesan selalu tampil seksi pun kini hilang, di mana Jedun tampil lebih dewasa dengan hijabnya. Walau berhijab, Jedun pun tetap tampil modis.

Dalam acara ulang tahunnya yang dihadiri sang suami Faisal Haris dan tentunya bersama keluarga, menjadi momen paling membahagiakan di hidupnya. Dalam acara ulang tahunnya pun Jedun menggunakan nasi tumpeng, dengan berbagai lauk yang ada. Terlihat beberapa jajanan pasar pun juga menghiasai.

Ada momen berdoa di mana saat Jedun usai memotong tumpeng, sang ayah berharap putrinya segera hamil dan mempunyai momongan. Berikut 6 momen ulang tahun Jennifer Dunn yang Liputan6.com kutip dari Instagram @jeje.dunn, Jumat (11/10/2019).

1. Momen meniup lilin ulang tahun yang ditemani sang ayah dan suami

Momen ulang tahun Jennifer Dunn (Sumber: Instagram/jeje.dunn)

2. Terlihat aura kebahagiaan saat Jennifer Dunn meniup lilin ulang tahunnya

Momen ulang tahun Jennifer Dunn (Sumber: Instagram/jeje.dunn)

3. Dalam perayaan ulang tahunnya, Jedun terlihat sederhana dan dirayakan bersama keluarga

Momen ulang tahun Jennifer Dunn (Sumber: Instagram/jeje.dunn)

4. Ia pun menyediakan nasi tumpeng dalam ulang tahunnya yang dipotong ujungnya bersama dengan sang ayah

Momen ulang tahun Jennifer Dunn (Sumber: Instagram/jeje.dunn)

5. Ayahnya seakan berharap Jennifer Dunn segera mempunyai momongan

Momen ulang tahun Jennifer Dunn (Sumber: Instagram/jeje.dunn)

6. Acara ini dihadiri berbagai kerabat dari Jennifer Dunn

Momen ulang tahun Jennifer Dunn (Sumber: Instagram/jeje.dunn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepak Terjang Abu Rara, Pelaku Penyerangan Wiranto

Posted: 10 Oct 2019 10:05 PM PDT

Fokus, Jakarta - Aparat kepolsian berhasil mengidentifikasi pelaku penyerangan terhadap Menkopolhukam Wiranto. Mereka adalah SA alias Abu Rara dan FA. SA berasal dari Medan, Sumatra Utara, sementara FA merupakan wanita asal Brebes, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (11/10/2019), Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan, kedua pelaku diduga kuat terpapar paham radikal yang berafiliasi dengan ISIS.

Mabes polri juga melibatkan Tim Densus 88 Anti Teror untuk ikut menangani kasus ini.

Sementara Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan, Abu Rara merupakan anggota JAD Bekasi. Abu Rara pernah bergabung dengan JAD Kediri, kemudian pindah ke Bogor.

Setelah bercerai, Abu Rara kemudian tinggal di Pandeglang setelah difasilitasi oleh seorang koleganya. 

"Diduga pelaku atas nama SA tersebut terpapar oleh paham radikal ISIS. Nanti akan kita coba dalami, apakah SA ini juga masih memiliki jaringan dengan JAD yang ada di Cirebon atau JAD lain yang ada di Sumatera," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Brigjen Dedi Prasetyo.

"Sudah bisa mengidentifikasi bahwa pelaku adalah kelompok JAD Bekasi. Kita tahu bahwa saudara Abu Rara ini adalah dari sel Kediri kemudian sudah kita deteksi pindah ke Bogor, kemudian karena cerai dengan istri pertama pindah ke Menes difasilitasi oleh salah satu Abu, Abu Syamsuddin, JAD dari Menes untuk pindah di sana," ujar Kepala BIN Budi Gunawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Saya Pastikan Ada Menteri Asal Papua yang Masuk Kabinet Periode Kedua

Posted: 10 Oct 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan ada orang asli Papua yang masuk jajaran menteri kabinet periode kedua. Namun, Jokowi enggan mengungkapkan berapa tokoh asli Papua yang akan mengisi pos kementerian.

"Saya pastikan ada. Saya pastikan ada. Nanti dilihat," ujar Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta mengaku susunan kabinet periode 2019-2024 sudah rampung. Namun, Jokowi tak menutup kemungkinan adanya perubahan di detik-detik terakhir pengumuman kabinet.

"Ya mungkin ada pertimbangan masih bisa berubah," kata dia.

Dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019, menteri yang merupakan orang asli Papua adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. Adapula Lenis Kogoya yang ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden untuk Papua.

Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wapres periode 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang.

Menurut Jokowi, pengumuman kabinet bisa dilakukan di hari yang sama setelah dilantik atau beberapa hari kemudian.

"Mungkin bisa hari yang sama, mungkin sehari setelah pelantikan," ucapnya. 

Sebelum Dilantik, Jokowi Akan Bertemu Ketum Parpol

Presiden Joko Widodo memberi keterangan pers usai menjenguk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10/2019). Wiranto terluka di perut akibat penyerangan oleh pria yang terpapar paham radikalisme di Pandeglang, Banten. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelum dilantik, Jokowi rencananya akan melakukan pertemuan dengan ketua umum partai politik sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang. Hal itu dikatakan langsung Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani.

"Ya kami sudah mendengar (ada pertemuan dengan Ketua umum partai politik)," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 10 Oktober kemarin.

Dia mengatakan, dalam massa-masa jelang pelantikan presiden, para ketua umum partai politik diminta untuk tidak keluar kota. Termasuk pada saat Jokowi mulai menyusun kabinetnya.

"Yang jelas, terus terang saja, dalam hari-hari sampai pelantikan Presiden dan penyusunan kabinet ke depan tentu pimpinan parpol diharapkan tetap di Jakarta, tidak keluar Jakarta ke tempat yang jauh-jauh," ungkapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer iPhone 11 dengan Cara Konyol, Wanita Ini Bikin Warganet Kesal

Posted: 10 Oct 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu gawai terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple adalah iPhone 11. Meskipun bentuk kameranya yang banyak dinilai aneh dan kurang enak dilihat, namun iPhone 11 tetap menjadi primadona para pecinta Apple.

Banyak warganet yang berkelakar untuk menjual ginjal demi membeli gawai dengan tiga kamera yang sering dijuluki 'Hape Boba' ini.

Sebuah akun Twitter bernama @galiholaa mengunggah sebuah video seorang wanita yang memiliki iPhone 11 pada Kamis (10/10/2019), yang menjadi perbincangan viral. Mengapa?

Tipuan Gambar

twitter @galiholaa

"Nyai suka berulah, lagi," tulis keterangan akun @galiholaa pada unggahannya, Kamis (10/10/2019).

Pada video yang diunggah terlihat seorang perempuan yang memiliki akun Twitter @bzzkani sedang menelpon menggunakan iPhone 11. Terlihat tiga kamera seperti boba yang sering dibicarakan warganet dalam genggaman @bzzkani.

Namun, kemudian diperlihatkan bahwa tampilan iPhone 11 tersebut hanyalah gambar pada layar gawai dan bukan iPhone 11 sebenarnya.

Tertipu Dua Kali

Setelah ketahuan bahwa tampak iPhone 11 miliknya hanya gambar, ia membalik gawai tersebut menjadi posisi normal. Tak disangka, ternyata gawai yang ia gunakan benar-benar iPhone 11. Setelah itu seisi ruangan pun tertawa terbahak-bahak.

Komentar Warganet

Ilustrasi Media Sosial. (sumber: Pexels)

Unggahan @galiholaa pun telah mendapatkan lebih dari 13 ribu suka dan 8 ribu retweets di Twitter. Warganet pun ikut berkomentar menanggapi unggahan tersebut.

"Candaan orang kaya wkwk," kata akun @fahmiily.

"Keren bgt asli suka bgt aku," sahut akun @uwuuuuuuubanget.

"Ini jual ginjal yg sebelah mana mbak?" komentar akun @FPFeliz.

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nekat Pakai Ban Botak, Siap-Siap Ditilang

Posted: 10 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Untuk menyadarkan warga pentingnya keselamatan berkendara, pemerintah India memberlakukan aturan tentang usia pakai ban mobil.

Dilansir Cartoq, aturan itu berlaku mulai bulan lalu. Polisi diizinkan untuk mendenda pengguna jalan yang memakai kendaraan dengan ban yang sudah tua.

Pada aturan itu disebutkan bahwa ban yang sudah dipakai lebih dari 30.000 kilometer berpotensi membahayakan dan pemilik mobil akan didenda.

"Berdasarkan IMV Act, itu menjelaskan bahwa ban harus diganti jika sudah dipakai menjangkau jarak 30.000 kilometer atau mereka bisa kecelakaan karena ban kehilangan daya cengkram. Jadi denda akan dikenakan kepada mereka yang memakai ban yang sudah gundul, karena bisa menyebabkan kecelakaan," kata polisi setempat.

 

 

Besaran Denda

Denda yang akan dikenakan kepada para pelanggar sebesar INR 100 atau Rp 19.931 (Kurs INR 1 = Rp 199) untuk setiap ban. Selain soal ban, pelanggar yang melawan petugas karena tak mau didenda juga akan dikenakan denda dengan nilai sama.

"Ketika kami mendenda pelanggar, mereka sering melawan dan tak mau membayar denda. Mereka berusaha kabur. Saat itu, dengan memberikan denda kepada mereka, bisa membuat mereka disiplin," lanjutnya.

Sumber: Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Transgender Siap Tampil dalam Iklan di Toko-Toko Victoria's Secret

Posted: 10 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menggandeng model plus size, Victoria's Secret kembali membuat terobosan berbeda untuk merayakan keberagaman. Yang teranyar, brand lingerie asal Amerika Serikat itu berkolaborasi dengan model transgender.

Melansir dari Daily Mail, Jumat (11/10/2019), bekerjasama dengan Bluebella, kolaborasi ini menampilkan model transgender May Simón Lifschitz. Sang model bakal ada di jendela toko-toko Victoria's Secret di New York dan London pada hari ini.

Ini merupakan bagian dari kampanye Bluebella, #LoveYourselfCampaign yang bertujuan untuk merayakan pemberdayaan perempuan. Langkah ini sekaligus menjawab reaksi atas kurangnya keragaman dan yang terbaru adalah show inklusif Rihanna, Savage x Fenty.

Koleksi Autumn/Winter 2019 dari brand ini dikenakan oleh May dan beberapa model lainnya seperrti Olivia Sang, Laura Rakhman-Kidd, dan Ali Tate Cutler. Keempat model mewakili berbagai aspek feminin.

Sang model transgender mengatakan ia sangat gembira dengan gagasan berpartisipasi dalam kampanye. Model yang lahir dari ibu yang berasal dari Denmark dan ayahnya dari Argentina ini merasa 'terbebaskan' saat berpose untuk poster-poster.

"Dengan mengungkapkan hal yang rentan secara umum, saya pikir kita dapat saling membantu menjadi pribadi feminin yang lebih kuat. Saya sangat bersyukur telah diberi kesempatan untuk berbagi dan merasa sangat beruntung menjadi bagian dari proyek dengan begitu banyak cinta di dalamnya," ungkap May.

Kunci Penerimaan Diri

Victoria's Secret x Bluebella (Screenshot Instagram @bluebella/https://www.instagram.com/p/B3R84halBbj/?hl=en/Putu Elmira)

May menambahkan ia merasa diberdayakan lewat karier modeling dan peluang kerja lainnya. Ia merasa kuat dalam posisinya saat ini dan memiliki sesuatu untuk dibagikan kepada khalayak.

"Jika Anda memiliki energi dan kekuatan untuk membuat orang lain merasa lebih kuat tentang diri mereka sendiri, Anda sendiri merasa kuat, maka Anda benar-benar harus membagikan hadiah itu," lanjut May.

May mulai mengonsumsi hormon anti-testosterone di usia 16 tahun dan ketika ia mulai mendapatkan pekerjaan sebagai model androgini. Tak lama setelah itu, ia tampil di sampul beberapa publikasi di negara asalnya, Denmark.

"Saya tiba-tiba bisa bergerak melintasi ruang dan diakui sebagai pribadi feminin, diakui karena jiwa yang hadir dengan berada di sisi itu pada spektrum," kata May.

Sang model melanjutkan ia tidak akan pernah bisa 100 persen bahagia dengan tubuhnya seperti wanita lain. Kendati demikian, ia memilih untuk mengingatkan diri sendiri tidak perlu 'memperbaiki' diri terus-menerus untuk mencapai rasa cinta pada diri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kanker Payudara Stadium Dini Bisa Sembuh Total

Posted: 10 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bogor Kanker payudara stadium awal, yakni stadium 1 dan 2 bisa sembuh sepenuhnya. Artinya, sel kanker hilang semua dan tidak kembali aktif lagi.

Medical Manager PT Kalbe Farma Tbk Hastarita Lawrentia menjelaskan terapi kanker payudara stadium awal melalui teknik pembedahan dapat mengangkat seluruh sel kanker.

"Terapi pembedahan bisa dilakukan. Dengan syarat, kanker payudara masih stadium awal," jelas Rita, sapaan akrabnya saat memaparkan terapi kanker di kawasan Bogor, Jawa Barat, ditulis Jumat (10/10/2019).

Benjolan yang diangkat masih kategori kecil. Misalnya, berukuran 1 cm. Pembedahan termasuk terapi utama pada penanganan kanker payudara.

 

Sel Kanker Payudara Menyebar

Pembedahan yang dilakukan terhadap kanker payudara stadium lanjut seperti stadium 4 bisa saja dilakukan. Namun, tidak mampu mengangkat seluruh sel kanker.

"Kanker payudara stadium 4 yang diangkat (lewat pembedahan) percuma saja. Karena sel-sel kankernya sudah menyebar (metastasis)," Rita menegaskan.

Sel kanker payudara stadium lanjut bisa menyebar ke paru-paru, hati, dan ginjal. Sementara itu, tingkat kesembuhan kanker payudara stadium 3 tergantung kondisi sel kanker, sejauh mana sudah menyebar.

"Karena kanker payudara stadium lanjut tidak bisa sepenuhnya diangkat, kemoterapi jadi solusi untuk meningkatan kualitas hidup pasien," lanjut Rita.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 komentar:

michelle mengatakan...

test

sonicpoker mengatakan...

situs idn poker online terbaik di Indonesia kami melayani anda dengan sepenuh hati. Yang kami sediakan untuk anda seperti layanan customer service 24 jam siap melayani anda http://gazaile2.free.fr/phpBB2/profile.php?mode=viewprofile&u=2930