Selasa, 08 Oktober 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Berkemeja Hijau, Munarman Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Posted: 08 Oct 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman memenuhi panggilan penyidik Dit Reskrimum Polda Metro Jaya. Ia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus penculikan dan penganiayaan terhadap relawan Joko Widodo, Ninoy Karundeng.

Pantauan di lokasi, Rabu (9/10/2019) siang, Munarman yang mengenakan kemeja berwarna hijau itu tiba di Gedung Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.20 WIB.

Saat tiba, ia tak memberikan pernyataan kepada awak media terkait pemeriksaan dirinya. Kuasa hukum yang mendampingi, Samsul Bahri memberikan pernyataan jika kliennya akan memberikan klarifikasi terkait pernyataan salah satu tersangka tentang penganiayaan terhadap Ninoy.

"Prinsipnya kita ke sini hanya memberikan klarifikasi, ada panggilan menyebutkan bahwa salah satu tersangka berkomunikasi dengan Bapak Haji Munarman" kata Samsul di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu siang.

Sebelumnya, Munarman diketahui dipanggil penyidik Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus penculikan, penyekapan, dan penganiayaan relawan Joko Widodo, Ninoy Karundeng.

"Iya agendanya hari ini. Tunggu saja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu pagi.

Polisi sudah menetapkan 13 tersangka terkait kasus penganiayaan Ninoy Karundeng. Polisi pun mengungkap peran-peran mereka.

"Tersangka pertama inisialnya AA, kemudian ARS, YY. Ini (mereka) adalah perannya menyebarkan videonya dan kemudian juga membuat konten-konten berkaitan dengan hate speech di WA grup di sana," kata Argo Yuwono di Polda Metro Jakarta, Senin (7/10/2019).

Kuras Isi Laptop

Selanjutnya, kata Argo, ada tersangka RF dan Baros. Keduanya bertindak menyalin atau mengambil data yang berbeda di dalam laptop korban.

"Dia juga mengintervensi korban dia juga menghapus semua data-data yang ada di HP," ucap Argo.

Selanjutnya, tersangka dengan inisial Insinyur S, yang merupakan seorang sekretaris masjid. Perannya ialah menyalin data di laptop korban. Selain itu, Insinyur S ini melakukan koordinasi dengan Munarman.

"Dia juga dapat perintah untuk hapus CCTV dan kemudian juga untuk tidak menyerahkan semua data kepada pihak kepolisian," kata Argo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nekat Masuk Tol, Emak-Emak Bawa Motor Seperti Valentino Rossi

Posted: 08 Oct 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Merupakan jalanan bebas hambatan untuk mempersingkat jarak serta waktu tempuh di Indonesia jalan tol hanya diperuntukkan kendaraan beroda empat seperti mobil, bus, dan truk.

Meski demikian, beberapa pengendara motor sering kali menerobos jalan tol dengan berbagai alasan. Salah satu yang viral baru-baru ini terjadi di Surabaya.

Video tersebut memperlihatkan seorang wanita berhijab dengan skuter matik melintasi jalan tol. Meski salah, wanita tersebut justru terlihat memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi layaknya pembalap MotoGP.

Hal itu tentu sangat berbahaya karena pengendara mobil yang menggunakan jalan tol biasanya akan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi dan tidak mengetahui adanya pengendara roda dua.

Kejadian yang terjadi di jalan tol Gunungsari KM 15 tersebut dikarenakan pemotor asik mengikuti arah Google Maps.

 

Jangan Ditiru, Bapak Ini Bersepeda Lawan Arah di Jalan Tol

Bapak ini Bersepeda lawan arah di jalan tol

Jalan tol merupakan lintasan bebas hambatan yang diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih. Hanya di beberapa tol tertentu seperti tol Suramadu dan tol Bali Mandara, motor turut diperbolehkan untuk melintas.

Kendaraan yang diizinkan untuk masuk ke jalan tol dibatasi dikarenakan faktor keselamatan. Laju kendaraan yang cepat dapat membahayakan pengguna kendaraan ringan seperti becak, sepeda, dan lain sebagainya. Namun, sebuah kejadian unik terjadi di salah satu jalan tol yang diperkirakan berada di kawasan Tegal.

 

 
 

 

Berdasarkan video yang diunggah oleh akun Facebook Abu Zakariyya, nampak seorang pria paruh baya bersepeda dengan santai di sebuah jalan tol. Melihat hal tersebut, beberapa orang yang menggunakan rompi berwarna oranye segera memperingatkan dan memberhentikan pria itu. Sekelompok orang tersebut lalu membantu si pria untuk menepi.

Yang mengejutkan, setelah menepi terlihat bahwa pria tersebut ternyata bersepeda di jalur yang berlawanan arah. Beberapa mobil terlihat melaju dengan kecepatan tinggi sesaat setelah pria itu menepi. Setelah diperingatkan, pria itu pun keluar dari jalan tol dan berbalik arah.

Saksikan Videonya di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Model Plus Size yang Tampil di Iklan Terbaru Victoria's Secret

Posted: 08 Oct 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Label lingerie ternama dunia Victoria's Secret terkenal dikeliling oleh para model bertumbuh semampai. Namun kali ini, brand asal Amerika Serikat tersebut menampilkan seorang model plus size di iklan terbarunya.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (9/10/2019), Victoria's Secret bekerjasama dengan model plus size bernama Ali Tate Cutler. Kolaborasi ini sebagai bagian dari kemitraan baru dengan merek pakaian Bluebella yang berbasis di London, Inggris.

Kerja sama ini terjadi setelah selama bertahun-tahun mendapat reaksi atas kurangnya keragaman. Akhirnya, koleksi dengan beragam jenis, bentuk, dan ukuran ditampilkan dalam pertunjukan inklusif Rihanna, Savage X Fenty.

Kolaborasi Victoria's Secret dan Bluebella menampilkan model dari plus size hingga straight size. Ali pun menghadiri peluncuran kerja sama di toko utama Victoria's Secret di New York, Amerika Serikat, Jumat, 4 Oktober 2019 lalu.

Ia pun sempat mengunggah potret dalam balutan black lace teddy melalui akun Instagram pribadi, @ali_tate_cutler. Dalm potret, Ali berpose dengan rambut panjang yang tergerai dan memakai sepatu hak tinggi.

"Saya yakin saya model yang memakai ukuran pertama 14 di @victoriassecret? Bagaimanapun saya bersemangat untuk bekerja dengan merek yang saya idolakan saat saya remaja. Langkah bagus ke arah yang benar untuk tubuh," tulis Ali dalam keterangan potret.

Dalam sebuah wawancara dengan E! News, Ali menjelaskan meski ia bukan model plus size pertama yang kerja dengan brand lingerie itu, namun ia adalah model dengan ukuran 14 pertama yang melakukannya.

"Ukuran 14 sebenarnya adalah ukuran rata-rata wanita di Amerika. Saya pikir kita perlu melihatnya lebih banyak di media dan fashion karena kebanyakan wanita seukuran itu. Jadi kita perlu mewakili secara akurat di brand dan media," ungkap Ali.

Antusiasme Sang Model Plus Size

Ali Tate Cutler, model plus size yang tampil di kampanye iklan terbaru Victoria's Secret. (Screenshot Instagram @victoriassecret/https://www.instagram.com/p/B3XAZCaAQyE/?hl=en/Putu Elmira)

Ali Tate Cutler tidak dapat menutupi rasa antusiasnya ketika Victoria's Secret memutuskan untuk menunjuknya sebagai model dengan ukuran 14. Langkah ini dirasa sebagai sebuah hal yang baik.

"Mereka mendengarkan audiens yang telah meminta untuk melihat lebih banyak wanita dari berbagai bentuk dan ukuran. Saya pikir jika mereka terus menuju ke arah itu, mereka akan menjadi jackpot karena itu mencerminkan rata-rata wanita di Amerika," ungkap Ali kepada E! News.

Sementara, Ali adalah bagian dari kampanye Victoria's Secret x Bluebella. Ia didatangkan oleh Bluebella dan belum secara resmi direkrut menjadi model Victoria's Secret.

Pada siaran pers yang dibagikan Victoria's Secret pekan lalu, mereka mengumumkan kolaborasi ini. Tercatat Bluebella dalah singkatan dari 'self-love, self-acceptance and championing individuality' (mencintai diri, penerimaan diri, dan memperjuangkan individualitas).

Bluebella for Victoria's Secret menghadirkan serangkaian pakaian dalam, pakaian tidur, dan kaus kaki yang menampilkan detail mewah seperti belundru, satin, dan renda bersulam. Line ini dirilis di beberapa toko Victoria's Secret di Amerika Serika pekan lalu dan akan tersedia di toko-toko tertentu di Inggris mulai Jumat, 11 Oktober 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Bisa Jawab Panggilan Telepon Android di Windows 10

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembaruan Windows 10 teraktual dilengkapi dengan kemampuan untuk menjawab panggilan ke ponsel Android di PC.

Fitur bernama Calls ini menggunakan pengeras suara, mikrofon, dan layar komputer pengguna. Dengan demikian, sebagaimana dikutip dari CNET, Rabu (9/10/2019), pengguna dapat menjawab panggilan masuk, melakukan panggilan, dan menolak panggilan.

Windows 10 Insider Preview Build 18999 (20H1) tersebut diluncurkan sebagai rilis awal untuk Windows Insiders.

Adapun fitur Calls pertama kali diumumkan pada acara Samsung Unpacked bulan Agustus di New York. Fitur ini juga dapat mengirim panggilan masuk ke voicemail ponsel, mengakses riwayat panggilan terbaru melalui PC dan mengalihkan panggilan antara ponsel dan PC.

Supaya bisa menikmati fitur ini, ponsel harus menjalankan Android 7.0 atau lebih tinggi, ditambah PC berbasis Windows 10 dengan Bluetooth dan build 19H1 atau lebih baru. Fitur ini juga mensyaratkan setidaknya Windows 10 build 18362.356 atau lebih baru.

Pembaruan Windows 10 Malah Timbulkan Beberapa Masalah

Pembaruan perangkat lunak seharusnya bisa menyelesaikan sejumlah masalah. Namun, para pengguna Windows 10 malah mengalami masalah gara-gara memperbarui perangkatnya ke versi terbaru.

Masalah ini ditengarai disebabkan oleh pembaruan Microsoft KB4524147. Mengutip laman Metro, Rabu (9/10/2019), Microsoft KB4524147 seharusnya memengaruhi kerentanan scripting engine pada Internet Explorer yang membuat peretas dapat mengendalikan sistem mereka.

Hal ini bisa berdampak buruk, jika ada peretas yang masuk ke akun perbankan korban dan melakukan tindak pencurian.

Pembaruan Microsoft KB4524147 dimaksudkan untuk memperbaiki masalah printing yang baru-baru ini dialami pengguna, tetapi nyatanya malah membawa masalah.

Dalam sebuah unggahan di forum online Reddit, seorang pengguna Microsoft yang kesal menyebutkan, perangkat lunak tersebut seharusnya memperbaiki masalah printing, tetapi malah lebih banyak masalah yang ditimbulkan setelah pembaruan.

"Saya mengalami masalah aneh pada sejumlah komputer klien. Ketika ingin mencoba mencetak dokumen, program malah crash dan membuat Windows Explorer crash ketika mencoba mencetak sebuah laman," kata pengguna Reddit tersebut.

Dia mengaku telah mengalami masalah serupa di dua kompter.

"Setelah menguninstal KB4524147, semua kembali normal,'' tuturnya.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat 14 Wayang Kapi-Kapi Berpesta di Tugu Yogyakarta

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Ada yang berbeda dengan HUT ke-263 Kota Yogyakarta di sepanjang Jalan Margo Utomo pada Senin (7/10/2019) malam. Sebanyak 14 karakter wayang kapi-kapi beratraksi di Tugu Yogyakarta secara bergantian dalam Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) ke-4.

Setiap kecamatan membawakan satu karakter wayang kapi-kapi. Misal, Kecamatan Mantrjeron menampilkan wayang kapi Harima, Gedongtengen memainkan wayang kapi Satabali, Gondomanan dengan wayang kapi Wraha, dan sebagainya.

Satu kecamatan mengeluarkan puluhan sampai 100 partisipan. Mereka berarak dari Jembatan Godolayu menuju Jalan Margo Utomo, dan berhenti sejenak di Tugu Yogyakarta untuk menari secara kolosal.

Tidak banyak yang tahu perihal wayang yang satu ini. Padahal, kapi-kapi merupakan satu-satunya karakter wayang yang berasal dari Yogyakarta dan tidak ada dalam epos wayang lainnya.

Salah seorang tim kreatif WJNC ke-4 KPH Notonegoro menceritakan karakter wayang kapi-kapi berkembang pada masa pemerintahan Sultan HB VIII. Ada 63 karakter kapi-kapi termasuk wanara yang memiliki keahliannya masing-masing.

Ia mengungkapkan karakter Kapi-Kapi hanya ada dalam cerita wayang Ramayana versi Keraton Yogyakarta. Pasukan kera yang ahli itu membantu memenangkan peperangan Rama melawan Alengka.

Ada unsur keberagaman dalam karakter wayang ini karena mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda tetapi tujuannya sama. Ia mencontohkan wayang Kapi Sembawa yang memiliki badan dan ekor kera serta kepala singa. Kapi ini bertugas sebagai prajurit yang memberi semangat berperang pada para prajurit kera.

Menurut KPH Notonegoro, saat pemerintahan Sultan HB VIII banyak inovasi yang dilakukan. Selain dari cerita wayang, sultan yang berkuasa saat itu juga berinovasi dalam hal pengageman atau pakaian.

 

 

14 Karakter Kapi-Kapi dalam WJNC ke-4

Setiap kecamatan di Yogyakarta menampilkan satu karakter wayang japi-kapi dalam WJNC ke-4. (Liputan6.com/ Switzy Sabnadar)

Berikut adalah 14 karakter wayang kapi-kapi yang dibawakan oleh 14 kecamatan di Yogyakarta dalam WJNC ke-4.

1. Wayang Kapi Kingkin, yang memiliki bentuk perpaduan antara kepiting dan kera. Merupakan ciptaan Sang Hyang Baruna (Dewa Ikan), ia memiliki andil besar dalam menyelamatkan proses pembangunan jembatan menuju Negara Ngalengka.

2. Wayang Jaya Harima atau Wayang Kapi Harima, yang memiliki badan dan ekor kera serta berkepala harimau. Merupakan satu di antara bala tentara Pancawati pimpinan Prabu Ramawijaya, ia memiliki kecekatan dan kekuatan yang disegani oleh bala tentara Ngalengka.

3. Wayang Kapi Wraha, yang berbadan kera serta berkepala babi hutan. Ia merupakan bagian tak terpisahkan dari bala tentara Pancawati.

4. Wayang Kapi Warjita atau Kapi Wercita atau Cacingkanil, yang berbadan kera serta berkepala dan ekor melilit seperti cacing. Ia juga merupakan satu di antara bala tentara Pancawati di bawah kepemimpinan Prabu Ramawijaya.

5. Wayang Kapi Jaya Anala atau Kapi Anggeni, yang badan, wajah dan ekornya seperti kera, namun rambutnya menyerupai api yang menyala. Merupakan satu di antara bala tentara Pancawati, ia adalah seekor kera ciptaan Bathara Brama.

6. Wayang Kapi Satabali, yang berbadan kera namun memiliki ekor dan kepala ayam. Merupakan satu di antara bala tentara Pancawati, ia bertugas menjaga pesanggrahan Swelagiri, yakni tempat Prabu Ramawijaya berdiam selama peperangan melawan bala tentara Prabu Dasamuka.

7. Wayang Kapi Liman Dhesthi, memiliki badan perpaduan gajah dan kera. Bala tentara Pancawati ini berperan penting saat pengeroyokan Raden Kumbakarna.

8. Wayang Kapi Premujabahu atau Kapi Permujabahu yang berperan mencari sebuah bunga pusaka Kembang Dewa Retna yang berada di Kahyangan Jajarlumintu.

9. Wayang Kapu Sembawa, memiliki badan dan ekor kera serta kepala singa. Ia bertugas sebagai prajurit yang memberi semangat berperang pada para prajurit kera.

10. Wayang Kapi Cocak Rawun, yang badannya merupakan perpaduan dari burung dan kera. Sebagai bala tentara Pancawati, ia memiliki keahlian terbang dengan sangat tinggi sehingga dapat mengetahui pergerakan musuh. 

11. Wayang Kapi Endrajanu, yang berbadan dan berekor kera serta berkepala kerbau. Bala tentara Pancawati ini memiliki kekuatan yang luar biasa dan dikenal sangat rajin serta patuh pada atasan.

12. Wayang Kapi Widagsi yang memiliki badan kera dan kepala badak. Badan yang besar serta bertenaga kuat membuat ia menjadi satu di antara prajurit andalan Negara Pancawati.

13. Wayang Kapi Jaya Arina, yang berbadan dan berekor seperti kera, tetapi berkepala kijang. Ia mampu berlari secepat kilat sehingga selalu terhindar dari sergapan musuh.

14. Wayang Kapi Trewilun atau Kapi Terwilun, yang berbadan dan berekor seperti kera namun berkepala kelinci. Ia dikenal licah, mampu berjalan melewati tanah serta ahli membuat gorong-gorong.

Sempat Ada Insiden Kecil

Setiap kecamatan di Yogyakarta menampilkan satu karakter wayang japi-kapi dalam WJNC ke-4. (Liputan6.com/ Switzy Sabnadar)

Secara umum, perhelatan WJNC ke-4 berlangsung sukses. Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB ini berakhir sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yakni sekitar pukul 21.00 WIB. Namun, ternyata sempat ada dua insiden kecil dalam acara ini.

Pertama, drone yang jatuh di depan panggung VVIP. Acara belum dimulai ketika drone yang digerakkan menggunakan remote control tersangkut kabel listrik. Drone jatuh dan sebagian patah.

Kedua, gaun Urang Ayu terbakar. Peristiwa ini berlangsung sangat singkat dan beruntung cepat diatasi. Sebelum kapi-kapi dari 14 kecamatan tampil, kendaraan pembuka menandai dimulainya WJNC ke-4.

Urang Ayu adalah putri cantik anak penguasa laut berbadan ikan bernama Baruna. Suaminya seorang kera yang termasyhur bernama Anoma. Kendaraan dihiasi ornamen udang dengan perempuan berkostum udang di atasnya. Tidak hanya itu, kendaraan pembuka ini juga dikawal pasukan udang berwajah cantik.

Saat kendaraan Urang Ayu melewati Tugu Yogyakarta dan bergerak menuju ke Jalan Margo Utomo, Urang Ayu yang berada di atas kendaraan itu menyalakan flare sebagai bagian dari pertunjukan. Namun, perempuan yang memerankan Urang Ayu mendadak panik ketika gaun panjangnya kena percikan api flare dan terbakar.

Api yang terlihat menyala dari atas kendaraan membuat petugas dengan sigap menarik bagian bawah gaun Urang Ayu hingga robek. Api pun bisa dipadamkan dan WJNC ke-4 berlanjut sampai selesai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Cara Unik Pria yang Pasang Status Galau dari Benda di Supermarket

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial nampaknya telah menjadi bagian hidup bagi banyak orang. Tak hanya untuk berbagi informasi, banyak hal yang orang lakukan melalui media sosial. Salah satu yang paling sering dilakukan yakni mengunggah foto dan juga status.

Ya, tentu banyak dari kamu kerap mengunggah status di media sosial pribadi setiap harinya, kan? Terlebih lagi jika sedang galau, tentunya banyak dari kamu yang mencurahkannya di media sosial.

Hal ini juga dilakukan seorang warganet dengan akun Twitter @alfonsus73. Namun berbeda dengan orang kebanyakan, dirinya kerap mengunggah status galau menggunakan barang yang kerap ditemuinya di supermarket.

Statusnya tersebut bahkan telah mencuri perhatian pengguna Twitter lain. Tak tanggung-tanggung, unggahannya tersebut bahkan telah disukai lebih dari 7 ribu kali. Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut deretan status galau tak biasa akun @alfonsus73.

1. Buat apa punya lampu tapi tak bisa menerangi hari-harimu

foto: Twitter/@alfonsus73

2. Jadi, gimana caranya biar bisa jadi seleramu?

foto: Twitter/@alfonsus73

3. Coba cari pemutih lain

foto: Twitter/@alfonsus73

4. Tak semudah itu untuk bisa menyapu kenangan buruk kita

foto: Twitter/@alfonsus73

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Kartu Kredit BCA dan Keuntungannya, Nikmati Cicilan yang Menguntungkan

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank Central Asia atau BCA merupakan salah satu bank yang menyediakan kartu kredit terbesar di Indonesia yang banyak diminati nasabah. Hal ini dikarenakan kartu kredit BCA memiliki beberapa kelebihan seperti bebas iuran tahunan seumur hidup dan pelayanan lainnya. Untuk memilikinya, kamu perlu mengetahui beberapa jenis kartu kredit BCA.

Beragam jenis kartu kredit BCA yang dihadirkan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial nasabahnya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kartu kredit BCA secara bijak yang disesuaikan dengan kebutuhan keuangan kamu.

Nah, sebelum memutuskan memiliki kartu kredit BCA, ada baiknya untuk mengenali jenis kartu kredit BCA. Di setiap jenis kartu kredit BCA ini memiliki batas limit yang berbeda-beda yang perlu diketahui. Berikut beberapa jenis kartu kredit BCA yang perlu diketahui sebelum memilikinya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/10/2019).

Kartu Kredit BCA

Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Jenis kartu kredit BCA yang pertama adalah BCA Card. Kartu kredit ini menawarkan beberapa jenis lainnya, seperti:

BCA Everyday Card

Jenis kartu kredit BCA ini memiliki tagline "Tiap hari belanja, tiap hari untung". Adapun fitur yang bisa kamu dapatkan dalam BCA Everyday Card ini adalah cicilan BCA 0,5% sepanjang tahun, cashback 5% di SPBU (non subsidi), cashback 5% untuk berbelanja di Hypermart, Transmart, Lotte Mart, dan Giant.

BCA Everyday Card juga bisa kamu gunakan sebagai flazz untuk membayar tol, parkir, commuterline, dan busway. Untuk dapat memiliki BCA Everyday Card, kamu harus memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. Pasalnya ada iuran tahunan kartu pertama yang perlu dikeluarkan sebesar Rp 125 ribu dan iuran tahunan kartu tambahan adalah Rp 100 ribu.

BCA Card Platinum

Jenis kartu kredit BCA selanjutnya adalah BCA Card Platinum yang memiliki tagline "Kartu istimewa untuk pribadi istimewa". Fitur yang bisa kamu dapatkan pada kartu kredit ini seperti fasilitas BCA sistem pembayaran autodebet.

Melalui layanan ini kamu bebas melakukan administrasi dan gratis iuran tahunan untuk pemakaian limit lebih dari 30% per bulannya. Untuk syarat pengajuannnya, pastikan kamu memiliki penghasilan minimal Rp 10 juta per bulan. Iuran tahunan kartu pertama adalah Rp 250 ribu dan iuran tahunan kartu tambahan adalah Rp 175 ribu.

BCA Card Indomaret

BCA Card Indomaret memiliki tagline "semakin mudah dalam berbelanja". Fasilitas yang diberikan pada kartu kredit ini adalah gratis iuran tahunan jika pemakaian per bulan minimal Rp 500 ribu, diskon 5% untuk produk yang berlabel Indomaret, diskon pembelanjaan langsung senilai Rp 25 ribu saat weekend, dan diskon Rp 15 ribu saat weekdays dengan minimum pembelian Rp150 ribu. Kamu bisa memiliki BCA Card Indomaret ini jika penghasilanmu minimal Rp 3 juta per bulan.

Kartu Kredit BCA Mastercard

Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Jenis kartu kredit BCA ini terbagi ke dalam beberapa bagian, seperti berikut ini:

BCA Mastercard Platinum

Jenis kartu kredit BCA Mastercard yang pertama adalah BCA Mastercard Platinum. Kartu kredit ini memiliki tagline "My Card My Lifestyle Partner". BCA MasterCard Platinum memiliki fitur utama bunga cicilan hanya 1,25% untuk tenor maksimal 9 bulan dan cicilan 0,75% untuk tenor hingga 36 bulan.

Selain itu, dengan transaksi belanja ritel senilai Rp 1.000, kamu bisa mendapatkan 1 poin reward yang bisa ditukarkan dengan beragam hadiah menarik. Untuk syarat minimal penghasilan bulanan adalah Rp 3 juta.

BCA Mastercard Black

Jenis kartu kredit BCA yang kedua dari BCA Mastercard adalah BCA Mastercard Black dengan tagline "Experience the ultimate privilege". Kartu ini memiliki fitur layanan BCA Travel Service yang siap membantu kamu saat mengurus passport, dokumen perjalanan, pemesanan tiket serta hotel tanpa biaya surcharge.

Kamu juga akan dibebaskan dari iuran tahunan jika penggunaan kartu melebihi 30% setiap bulan. Untuk memiliki kartu kredit ini, minimal penghasilan bulanan yang disyaratkan adalah Rp 10 juta per bulan.

BCA Mastercard Matahari

Kartu kredit dari BCA Mastercard selanjutnya adalah BCA MAstercard Matahari. Kartu kredit ini memiliki tagline "Belanja seru sepanjang tahun". Jenis kartu kredit BCA MasterCard Matahari ini memberikan keuntungan saat kamu berbelanja di Matahari Dept Store.

Keuntungan yang didapatkan seperti cashback sebesar Rp 60 ribu untuk minimal transaksi Rp 600 ribu per bulan, program cicilan BCA 0% dengan minimum transaksi Rp 1 juta melalui mesin EDC BCA. Syarat minimum penghasilan untuk bisa memiliki kartu kredit ini yakni Rp 3 juta per bulan.

Kartu Kredit BCA Visa Card

Ilustrasi Kartu Kredit (iStockphoto)

Jenis kartu kredit BCA yang terakhir adalah BCA Visa Card. Ada tiga jenis BCA Visa Card utama yang perlu diketahui, seperti:

BCA Visa Batman

BCA Visa Batman memiliki tagline "My Card My Superhero". Fasilitas yang bisa kamu rasakan berupa banyaknya penawaran yang bersifat lifestyle, mulai dari nonton di bioskop, makan di restoran, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menikmati promo beli 1 gratis 1 tiket di bioskop tertentu pada hari Sabtu. Limit kartu yang diberikan adalah Rp 14 juta per bulan dengan syarat minimal penghasilan per bulan Rp 5 juta.

BCA Visa Black

Apabila kamu memiliki penghasilan Rp 10 juta setiap bulannya, kamu bisa menggunakan kartu kredit BCA Visa Black. BCA Visa Black memiliki tagline "Experience the ultimate privilege". Fitur utama dari jenis kartu kredit BCA Visa Black ini adalah layanan BCA Travel yang membantu kamu menyiapkan perjalanan tanpa dikenakan biaya sucharge.

Kamu juga dapat menikmati program cicilan 0% saat bertransaksi di luar negeri dengan masa tenor cicilan 12 bulan. Limit yang diberikan BCA Visa Black ini bisa mencapai Rp 15 juta per bulan.

BCA Visa Platinum

BCA Visa Platinum memiliki tagline "The platinum classic card". Fitur dalam kartu ini khusus dirancang untuk kamu yang mapan secara finansial dan memiliki mobilitas tinggi karena limit yang diberikan mencapai ratusan juta rupiah.

Dengan menggunakan BCA Visa Platinum, kamu bisa mendapatkan kenyamanan saat melakukan perjalanan bisnis. Untuk syarat minimal penghasilan yang diberikan adalah Rp 15 juta per bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marah dan Kecewa, Dhawiya Zaida Belum Jenguk Suami di Tahanan

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pekan lalu Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menangkap Muhammad Anis Bassurah yang tak lain adalah suami Dhawiya Zaida. Ia ditangkap terkait sabu dan ganja.

Muhammad sendiri masih ditahan untuk menjalani proses penyidikan. Sampai saat ini, Dhawiya Zaida sendiri belum menjenguk pria yang baru menikahinya enam bulan lalu.

"Belum, dia ngerasa masih marah dan kecewa. Kita juga belum nanya lebih jauh, saya enggak mau masuk ke amarah dia," ucap kakak Dhawiya Zaida, Fitria, di Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

"Dia bilang belum mau ketemu. Jangankan Dhawiya, kita juga enggak mau masuk ke situ. Kita juga masih capek," sambung Fitria.

 

Peringatan

Preskon Pernikahan Dhawiya (Deki Prayoga/Fimela.com)

Peristiwa ini penangkapan Muhammad seakan menjadi cambuk bagi keluarga besar Elvy Sukaesih. Mereka tak menyangka kasus yang sama bisa terulang lagi.

"Tentu ada perasaan gusar, cemas. Buat kami semua kejadian kemarin masih amat hangat, belum hilang. Khususnya buat mereka masih amat kental, dengan ini jadi peringatan buat kita," ucapnya di kesempatan yang sama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat KUR BNI, Pengusaha di Morotai Ekspor 50 Kg Lobster per Hari

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai salah satu bank BUMN telah berinisiatif mendirikan Kantor Cabang Pembantu (KCP) di Pulau Morotai sejak 2016 lalu. Hal ini dikarenakan banyak potensi di wilayah tersebut.

Pulau Morotai sebagai salah satu pulau terluar Indonesia yang berada di Maluku Utara kini terus mematangkan diri untuk menjadi 10 Bali Baru. Berkembangnya bisnis pariwisata secara otomatis turut menggenjot pertumbuhan ekonomi di tempat tersebut. 

Sejak saat itu, banyak pegiat usaha lokal yang tertarik menjadi debitur di BNI. Seperti yang dilakukan Reagen Sumampouw (32 tahun), seorang pengusaha muda yang punya lahan bisnis di berbagai sektor, mulai dari penangkaran lobster hingga toko listrik.

Reagen menceritakan, ia telah menjadi debitur BNI sejak bank tersebut membuka kantor cabangnya di Morotai pada 2016. Mulai saat itu, ia telah beberapa kali menerima penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI hingga bisa membuka tempat penangkaran lobster bernama Moro Karya.

"Sekitar sudah mau masuk 3 tahun. Ini udah ditawarin (KUR) lagi, karena katanya lancar toh. Tapi aku bilang jangan dulu lah. Kebetulan juga baru buka usaha futsal sama gym," ungkap dia di tempat penampungan lobster miliknya di Pulau Morotai, Maluku Utara, seperti dikutip Rabu (9/10/2019).

Sebagai informasi, per Agustus 2019, BNI telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp 73,9 Triliun kepada 260 ribu debitur. Bank tersebut menyalurkan kredit UMKM dalam empat bentuk, salah satunya Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 12,84 triliun kepada 147.023 debitur di seluruh Indonesia hingga Agustus kemarin.

 

Usahanya Jadi Lebih Lancar

Teller melayani nasabah dan memberikan bunga mawar dan souvenir kepada nasabah di Kantor Cabang BNI Tebet, Jakarta (5/7). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian HUT ke 72 BNI. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelum berpapasan dengan BNI, Reagen mengaku masih bergantung pada modal pribadi dan belum pernah menjadi debitur di bank lainnya. Pasca menjadi debitur BNI, ia merasa segala kegiatan usahanya menjadi lebih lancar.

Seperti tempat penampungan lobster yang dikelolanya, yang harus mengirimkan paket 50 kg per hari kepada eksportir di Jakarta dengan menggunakan pesawat kargo. Lobster-lobster tersebut didapatkannya dari nelayan lokal dengan harga rata-rata Rp 200 ribu per kg, untuk kemudian dijual sekitar Rp 300 ribu per kg.

"Ini (penangkaran lobster) harus ada Rp 50 juta tiap hari. Buat cash, pembelian. Kadang-kadang lebih. Kalau 200 kg aja kali Rp 200 ribu, sudah Rp 40 juta," sebut dia.

Meski BNI telah banyak membantu berbagai usaha bisnisnya, Reagen berseloroh agar bank Himbara tersebut tetap mau menolongnya dalam hal pembiayaan, seperti penyaluran KUR.

"Harapannya sih ya kalau kita mau minta bantuan lagi ya dipermudah lagi. Cuman selama ini (sudah) dimudahkan kok. Aman. Karena mungkin kita per bulannya aman," tukasnya sembari terkekeh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khofifah Harap Jatim Fair Jadi Ajang UMKM Tembus Pasar Ekspor

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa ingin Jatim Fair 2019 memotivasi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) setempat. Hal ini agar UMKM semakin mampu menembus pasar ekspor.

"Jatim Fair ini juga menjadi ajang penciptaan entrepreneur-enterpreneur baru dan pelaku UMKM lokal masuk ke pasar yang lebih besar lagi," tutur dia pada pembukaan Jatim Fair 2019 di Surabaya, dilansir Antara, Rabu (9/10/2019).

Ia mengatakan, Jatim Fair menjadi forum bisnis yang mempertemukan antara produsen dan juga pembeli tak hanya dari Jawa Timur. Akan tetapi, luar provinsi dan pulau serta mancanegara dengan berbagai latar belakang.

"Seperti investor, komunitas bisnis, pedagang, mahasiswa, pelajar, pegawai negeri sipil, maupun swasta lainnya," tutur dia.

Selain itu, ia optimistis Jatim Fair memberi dampak positif bagi ekonomi masyarakat Jatim.

Pada gelaran ke-10 2019, terdapat 540 stan dari berbagai unsur seperti organisasi perangkat daerah, BUMD, BUMN hingga UMKM dari dalam dna luar negeri.

Ia juga berharap nilai transaksi selama Jawa Timur Fair dapat tembus Rp 100 miliar dengan total pengunjung mencapai lebih dari 125 ribu orang.

"Semoga bisa memberikan konektivitas dalam hubungan dagang yang bisa meningkatkan produktivitas seluruh sektor di Jatim," tutur dia.

BI Sebut Desa di Jawa Timur Berpotensi Kembangkan Ekonomi

Salah satu spot swa-foto di Eco Wisata Boon Pring, salah satu desa wisata di Malang, Jawa Timur (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) perwakilan Jawa Timur mengharapkan para pemuda di desa Jawa Timur dapat mengembangkan konsep kampung kreatif seperti di Flory, Yogyakarta.

Dengan pengembangan potensi desa diharapkan dapat  dikerjasamakan dengan perbankan untuk menghasilkan nilai komersial.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, Difi A.Johansyah menuturkan, sebelumnya berkunjung ke Kampung Kreatif Flory di Kabupaten Slema, Daerah Istimewa Yogyakarta menuturkan, konsep kampung atau desa mandiri seperti Flory bisa diterapkan di setiap lokasi di Jawa Timur antara lain Jember, Banyuwangi, Malang, Kediri dan Blitar.

"Desa di Jawa Timur jumlahnya sangat banyak  dan memiliki potensi yang beragam seperti kopi dan segala macam, apalagi dengan infrastruktur jalan tol saat ini semakin banyak dan bagus sehingga mobilitas orang semakin gampang," tutur dia, seperti melansir Antara, Selasa, 27 Agustus 2019.

Setelah didesain bagus, ia menuturkan, bisa menarik wisatawan masuk ke kampung itu. Salah satu potensinya yaitu kegiatan outbond yang kini diminati sejumlah perusahaan.

"Setelah terbentuk, BI bisa masuk dan bersinergi seperti dengan Kampung Flory. Intinya BI masuk bukan dari nol tetapi sudah ada bibitnya, tinggal disinergikan dalam bentuk seperti fasilitas jalan, pelatihan digital marketing dan mempromosikan bisa melalui artike sehingga bisa dibaca khalayak," ujar dia.

Ia juga mengapresiasi keberadaan Konsep Kampung Flory yang menjadi desa unggulan wisata dengan konsep pariwisata, pendidikan, pertanian dengan perikanan, kuliner, budaya dalam satu kawasan.

"Kampung kreatif Flory merupakan contoh yang berhasil dan diharapkan bisa menjadi percontohan di desa-desa di Jawa Timur. Sebab untuk mendapatkan uang bukan hanya  dari berjualan produk pertanian, perkebunan," ujar dia.

Difi menambahkan, konsep Kampung Flory di Jawa Timur sudah yakni di Trawas yang menjual pemandangan sehingga keuntungannya lebih banyak dari pada pertanian.

"Harapan saya pemuda di desa Jawa Timur yang punya potensi bisa menerapkan seperti ini, kalau perlu belajar ke Kampung Flory," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Ada Formula 1, Singapura Tunggu Celah Gelar MotoGP

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Singapura membidik MotoGP sebagai ajang yang bakal mereka gelar di masa depan. Melalui Singapore Tourism Board (STB), MotoGP dinilai bisa menjadi kegiatan bisnis yang menguntungkan.

Pamor MotoGP di Asia terbilang cukup besar, mengalahkan Formula 1, yang digelar di Singapura pada 23 September lalu. Belum lagi persaingan di MotoGP sangat sengit karena diisi pembalap hebat seperti Marc Marquez hingga Valentino Rossi

"STB senantiasa mencari event-event yang sesuai dengan strategi kami dan memberikan hasil pariwisata yang baik, termasuk event olahraga seperti MotoGP," ucap Direktur Eksekutif STB, Jean Ng saat menjawab pertanyaan Liputan6.com.

"Kami menilai event berdasarkan kasus per kasus. Kami akan terus bekerja dengan para mitrauntuk menciptakan konten yang berpusat pada konsumen yang menciptakan nilai bagi industri dan Singapura. Kami menyambut gagasan dan event kreatif yang membangun reputasi kami sebagai tujuanrekreasi gaya hidup dan bermanfaat bagi warga setempat dan para wisatawan," katanya menambahkan.

Singapura ingin mengikuti jejak negara Asia Tenggara lainnya yang sudah sukses menggelar MotoGP, yakni Thailand sejak tahun lalu. Terlebih, Thailand menjadi saksi Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP 2019.

Selain Thailand, Indonesia juga bakal menjadi salah satu tuan rumah MotoGP. Indonesia baru menggelar MotoGP pada 2021.

 

Kesuksesan F1

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mengikuti kualifikasi F1 GP Singapura 2019 di Sirkuit Marina Bay, Sabtu (21/9/2019). (AFP/Mladen Antonov)

Jean Ng mengatakan, Singapura menunggu celah setelah berkaca dengan kesuksesan mereka menggelar Formula 1 sejak 2008. Banyak turis yang datang ke Singapura pada F1 GP Singapura.

"Balapan Singapura telah menghasilkan manfaat ekonomi dan nilai branding global yangsignifikan sejak 2008. Hasil agregat untuk 2008-2018, yakni lebih dari 490.000 wisatawan internasional unik datang untuk F1."

"Kemudian, kira-kira 40 persen dari jumlah penonton balapan adalah wisatawan asing. Audiens global dengan lebih dari 840 juta penonton. Sejak debutnya di 2008 balapan F1 Singapura telah menghasilkan lebih dari 1,4 miliar dolar Amerika Serikat dalam penerimaan pariwisata tambahan," ujarnya menjelaskan.

 

Cara Singapura Menyedot Wisatawan

Jean Ng juga memaparkan cara Singapura menarik animo wisatawan untuk menyaksikan F1. Pihak STB juga mendatangkan beberapa band dan artis internasional sebagai acara pendukung.

"Selama 12 tahun terakhir, kami telah mengeksplorasi berbagai ide dan inisiatif baru untuk menumbuhkan merek F1®di Singapura dan semakin meningkatkan profil Singapura dipanggung global," ucapnya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menikmati Asrinya Rumah Peninggalan Belanda di Kaki Gunung Ijen

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jenuh dengan  aktivitas kerja sehari-hari ? Lokasi wisata ini mungkin bisa menjadi rujukan mengisi hari libur Anda. Sebuah Rumah Belanda yang ada di kawasan pedesaan dengan alamnya yang asri, mampu mengundang  banyak pengunjung lokal maupun terutama dari mancanegara.

Selain ornamen dan interior kuno yang artistik, udara bersih di kawasan kaki Gunung Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Demikian dikutip pada 4 Oktober 2019.

Inilah suasana permukiman penduduk di Kebun Blawan, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Berada di kaki Gunung Ijen, desa kecil ini tampak begitu asri dan tentu saja menawarkan udara yang sejuk dan bersih.

Tak jauh dari pusat desa, berdiri sebuah rumah berukuran besar dengan arsitektur khas bergaya Belanda. Berdiri sejak 1894 silam, seluruh konstruksi bangunan terlihat masih kokoh dan begitu terjaga keasliannya.

Kesan eksotis bangunan ini semakin terasa saat masuk ke dalamnya. Ornamen berupa deretan foto jadul tetap berada di dinding bangunan, begitu menguatkan nilai sejarah bangunan kuno ini.

Tak hanya itu, ragam interior mulai lampu kuno, lantai kayu, hingga dinding yang terbuat dari anyaman bambu, juga akan langsung membawa nostalgia pengunjung ke era kolonial, maka tak heran, kalau tempat ini selalu menyedot perhatian pengunjung, terutama dari wisatawan mancanegara.

Sesuai literatur Kebun Blawan, rumah ini awalnya difungsikan sebagai kantor pada zaman Belanda. Namun, seiring berjalannya waktu, bangunan ini disulap sebagai homestay dan nyaris selalu penuh didatangi pengunjung terutama saat akhir pekan.

Satu lagi yang istimewa adalah keberadaan mata air di bagian belakang. Tak hanya menambah pesona, sumber air panas itu juga kerap dimanfaatkan pengunjung untuk menghangatkan badan di tengah hawa dingin pegunungan.

Rumah Belanda ini sendiri berdiri tidak jauh dari obyek wisata Kawah Ijen. Pengunjung biasanya singgah ke lokasi ini, sebelum memulai pendakian ke Gunung Api Ijen. 

 

 

Yuk tonton videonya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Catat, Bocoran Spesifikasi Oppo Reno Ace

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta VIDEO: Catat, Bocoran Spesifikasi Oppo Reno Ace

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iktiosis, Kelainan yang Sebabkan Kulit Wanita Ini Bersisik

Posted: 08 Oct 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kelainan pada kondisi kulit tidak selalu memberikan dampak yang buruk. Iktiosis atau kelainan berupa sisik pada kulit yang dimiliki oleh Jeyza Gary malah membawanya menjadi seorang model.

Menurut National Institutes of Health (NIH), AS, iktiosis lamellar (sedang) jarang terjadi dan hanya menyerang sekitar satu dari 100.000 orang di Amerika Serikat.

Penyebab munculnya iktiosis

Iktiosis lamellar dapat disebabkan oleh mutasi pada salah satu dari banyaknya gen, yang memberikan instruksi untuk membuat protein di lapisan terluar kulit.

Paling sering, iktiosis lamellar disebabkan oleh mutasi dari gen TGM1, yang berfungsi untuk membentuk penghalang antara tubuh dan lingkungan di sekitarnya.

Kondisi ini menghambat pembentukan epidermis yang sehat, maka itu dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Hal ini juga dapat membuat seseorang yang terkena menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan menyulitkan mereka untuk menahan air, yang dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi.

 

Sudah ada sejak bayi

Ada beberapa cara ampuh yang dapat menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari. (Foto: iStockphoto)

Iktiosis biasanya sudah dapat terlihat sejak bayi. Karena kulit bayi dengan iktiosis lamellar biasanya ditutupi dengan apa yang disebut dengan selaput collodion. Selaput ini kemungkinan akan mengering dan mengelupas selama beberapa minggu setelah kelahiran bayi.

"Aku punya selaput collodion yang membuatku terlihat seperti dibungkus plastik. Wajah dan kulitku sangat kencang, dan aku terlihat sangat mengkilap," ucap Gary.

Orang-orang dengan iktiosis lamellar biasanya memiliki sisik besar dan gelap yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh mereka. Bahkan, beberapa orang dengan kondisi ini memiliki rambut dan kuku jari tidak normal.

"Iktiosis lamellar juga menyebabkan kulitku rontok setiap 10 hingga 12 hari," jelas Gary dilansir dari Health, Selasa (1/10/2019).

Terinspirasi menjadi model

Gary menceritakan, ia terinspirasi setelah teman sekelasnya mengatakan bahwa ia harus menjadi model.

"Itu sangat membuat hati saya terenyuh, dan akhirnya saya mendaftarkan diri pada sebuah agensi sebelum memulai kuliah," katanya.

Keberanian dirinya menjadi model menghasilkan respons yang positif. Beberapa orang dengan iktiosis lamellar mengungkapkan bahwa Gary membantu mereka memiliki kepercayaan diri.

Respons positif di media sosial terhadap keberanian dirinya menjadi model nampaknya berhasil mendorong orang-orang dengan kondisi ini menjadi percaya diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Kebakaran, California Bakal Putus Listrik 900.000 Lebih Pelanggan

Posted: 08 Oct 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, California - Pemadaman listrik rencananya akan dilakukan oleh Pacific Gas & Electric (PG&E) di California. Lebih dari 900.000 pelanggan diperkirakan terdampak sejak Rabu, 9 Oktober 2019 dini hari waktu setempat.

Langkah pemadaman tersebut harus dilakukan karena angin kering yang dapat menurunkan aliran listrik dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Dilansir dari CNN, Rabu (9/10/2019), Sam Liccardo selaku Wali Kota San Jose memberi peringatan kepada warganya serta pelaku bisnis untuk mempersiapkan hari-hari ke depan tanpa adanya listrik. Ia meyakini bahwa hal tersebut akan memberi dampak kepada hampir dua juta orang.

Sebelumnya, PG&E dan Southern California Edison menaikkan estimasi jumlah orang yang akan terkena dampak dari 600.000 menjadi hampir 800.000 di 34 county wilayah utara, tengah dan pesisir.

"Mengingat masalah angin yang akan berlangsung lama, serta sejumlah besar jalur listrik yang perlu diperiksa sebelum restorasi, masyarakat diharapkan untuk mempersiapkan diri untuk pemadaman yang berkepanjangan." Demikian kutipan dari surat pernyataan yang dikeluarkan oleh PG&E.

Menurut Komisi Utilitas Publik California, utilitas negara bagian mengembangkan rencana pemadaman daya keselamatan publik sebagai upaya langkah pencegahan terakhir. Mereka yakin bahwa akan ada risiko nyata kabel listrik terputus dalam kondisi kering dan berangin.

Peringatan 'Red Flag'

Red Flag Warning. (Source: Twitter/@NWSBayArea)

Layanan Cuaca Nasional memberi peringatan 'red flag' pada Rabu dan Kamis, mengingatkan kepada masyarakat mengenai kemungkinan terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh kondisi cuaca untuk wilayah Coastal Range, Sacramento Valley, San Joaquin Valley, and Sierra Nevada yang berada di bawah 6.000 kaki.

"Kondisi saat ini sangatlah kering, berangin besar dan panas. Hal tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah secara tiba-tiba," ujar Ray Riodan, direktur Office of Emergency Management di San Jose pada saat konferensi pers.

California Department of Forestry & Fire Protection mengatakan bahwa tim pemadam kebakaran sedang mempersiapkan segala sesuatunya namun juga mengingatkan masyarakat California untuk tetap berjaga-jaga sejak banyaknya kebakaran yang mematikan terjadi sejak bulan Oktober sampai Desember. 

Piha berwenang meminta masyarakat untuk menyiapkan beberapa peralatan darurat seperti senter dan baterai, kotak P3K dan uang tunai serta mempersiapkan alat kesehatan yang membutuhkan daya listrik. 

Liccardo juga memberi peringatan kepada masyarakat untuk berlindung di suatu tempat karena lampu jalan dan sinyal juga akan terganggu saat pemadaman berlangsung. Ia juga menyarankan bagi setiap keluarga untuk menyiapkan rencana darurat termasuk persediaan makanan dan minuman bagi seluruh anggota keluarga dan binatang peliharaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Capaian Terbaik Pemerintahan Jokowi-JK di Sektor Kelistrikan

Posted: 08 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) merupakan salah satu capaian prestasi terbaik, yang dihasilkan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode pertama.

Jonan mengatakan, capaian rasio elektrifikasi sampai Oktober 2019 98,83 persen targetnya pada tahun ini mencapai 99 persen. Pencapaian tersebut melebihi Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 97,6 persen.

"Harapanya rasio elektrifikasi tahun ini 99 persen, target Bappenas di RPJMN ‎97,5 persen jadi kita lebih jauh," kata Jonan, saat menghadiri perayaan hari listrik nasional, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (9/10/2019).

Menurut Jonan, pencapaian pemerataan kelistrikan tersebut merupakan salah satu capaian pemerintah Kabinet Kereja ‎Pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama.

"Salah satu capaian dalam sidang kabinet terakhir yang luar biasa rasio elektrifikasi," tuturnya.

Jonan ‎mengungkapkan, tantangan berikutnya adalah meningkatkan konsumsi listrik per kapita, dia menyebut konsumsi listrik per kapita idealnya harus melebihi pertumbuhan ekonomi.

"Tantangan selanjutnya konsums per kapita harapannya bisa naik, kalau ekonomi 5 persen ini bisa lebih dari 7 persen," tandasnya.

Pemerintah Kejar Rasio Elektrifikasi 99,9 Persen pada 2019

Menteri ESDM Ignatius Jonan meresmikan PLT Biogas milik PT Asian Agri di Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menegaskan, pemerintah terus mengejar upaya rasio elektrifikasi atau penyambungan listrik kepada seluruh masyarakat Indonesia sebesar 99,9 persen pada 2019.

Jonan optimistis, realisasi rasio elektrifikasi ketenagalistrikan bisa menyentuh angka 99,9 persen pada akhir tahun ini.

"Targetnya tahun ini kita usahakan semaksimal mungkin, Insya Allah bisa 99,9 persen. (Target waktu pastinya?) akhir tahun," ujar dia di Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2/2019).

Untuk memastikan pernyataan tersebut, ia coba mengutip data rasio elektrifikasi pada akhir 2018 lalu yang sebesar 98,3 persen. Menurut dia, capaian itu pun sudah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015.

"Kalau di RPJMN di awal 2015, targetnya 97,5 persen di akhir tahun 2019. Lah ini sekarang sudah melebihi," tegas dia.

Namun begitu, perolehan tersebut tak serta merta membuatnya puas dan terus berupaya mewujudkan target rasio elektrifikasi 99,9 persen pada akhir 2019.

"Misalkan baru 98,3 persen, berarti ada 1,7 persen sisa yang belum. Kalau dikali 267 juta jiwa (penduduk RI), ya kira-kira mungkin hampir 5 juta saudara kita yang blum ada layanan kelistrikan atau penerangan," urainya. 

"Ini kita kejar, baik pake APBN, pembangkit listrik tenaga surya, PLN juga terus kejar sambungan-sambungan kelistrikan," dia menambahkan. 

1,2 Juta Rumah Tangga Akan Dapat Sambungan Listrik Gratis pada 2019

Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat 1,2 juta keluarga kurang mampu akan menikmati listrik pada 2019. Sebelumnya masyarakat tersebut‎ tidak bisa menyambung listrik karena keterbatasan biaya.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, untuk melistriki 1,2 juta rumah tangga dibutuhkan dana investasi Rp 6 triliun. Sumber pendanaan tersebut rencananya berasal dari Penyertaan Moda Negara (PMN) untuk PT PLN (Persero).

"Ada rencana untuk tambahan penyertaan (modal) negara, itu kurang lebih Rp 6 triliun untuk bisa memberikan sambungan listrik gratis di tahun ini. Jumlahnya kira-kira 1,2 juta sambungan baru khusus bagi warga yang kurang mampu," kata Jonan dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM‎, di Jakarta, Selasa 12 Februari 2019.

Jumlah sambungan tersebut kemungkinan masih bertambah dari adanya dana APBN Kementerian ESDM dan bantuan dari tanggungjawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Sisanya itu melalui APBN melalui DIPA Kementerian ESDM 100 - 150 ribu sambungan listrik atau layanan penerangan dan ada juga tambahan CSR dari BUMN. Ibu Rini (Menteri BUMN) sudah sepakat tentang hal itu," tutur Jonan.

Adapun BUMN yang terlibat dalam program ini adalah PLN, Bulog, Jamkrindo, Pegadaian, Semen Indonesia, Dahana, Perhutani, BRI, Pindad, Telkom & Telkomsel, BNI, Airnav, Askrindo, Waskita, PTPN III Holding (PTPN VIII), Jasa Marga, Jasa Raharja, Jasindo, Biofarma, KAI, Hutama Karya, Telkomsel, Pertamina, Mandiri, Angkasa Pura 2, Pelindo 2, BTN, PIHC, WIKA, PP, PGN, Antam, Taspen, ASDP dan POS.

Pemberian bantuan tersebut diharapkan sebagai bentuk layanan dasar yang diberikan Pemerintah kepada masyarakat dengan mengutamakan pemerataan pembangunan. Sehingga tidak memikirkan untung rugi.

"Pemerintah berupaya untuk melayani atau memberikan layanan listrik sebagai layanan dasar masyarakat yang memadai dengan harga yang terjangkau," kata Jonan.

Pemberian sambungan listrik diharapkan Jonan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan rasio elektrifikasi nasional yang ditargetkan sebesar 99,9 persen pada 2019.

"Saya optimistis bisa tercapai," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respon Cepat Penanganan Persalinan dan Ibu Hamil, Purwakarta Gulirkan Program Jabang Tutuka

Posted: 08 Oct 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat. Setelah meluncurkan program kesehatan terintegrasi, Saung Ambu, kini Pemkab juga semakin meningkatkan pelayanan kesehatan untuk ibu hamil dan yang akan melahirkan.

Bukan hanya, persoalan menjamin soal biaya pengobatan saja, tapi juga memberi kemudahan lain agar ibu-ibu yang tengah hamil dan akan melahirkan bisa mendapat pelayanan kesehatan yang layak. Begitupun dengan kesehatan anak yang dilahirkan. Upaya tersebut diimplementasikan oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dengan meluncurkan program Jabang Tutuka. 

Jabang Tutuka merupakan layanan call center khusus ibu yang hendak melahirkan. Terutama dalam menangani persalinan yang bermasalah.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, program Jabang Tutuka adalah layanan emergenci persalinan untuk memudahkan masyarakat mendapat rumah sakit rujukan.

"Jadi teknisnya, jika saat proses persalinan di bidan si pasien itu perlu segera dirujuk ke RS, maka bidan tersebut akan menghubungi operator Jabang Tutuka. Nanti, operator yang stay akan mengarahkan ke RS yang tersedia," ujar Anne, kepada awak media.

Menurutnya, operator Jabang Tutuka nantinya akan mencarikan kamar yang kosong di 10 rumah sakit yang telah bekerjasama dengan pemkab. Setelah, menemukan kamar, maka pasien tersebut bisa segera dirujuk dalam hitungan waktu yang cukup cepat, terlebih ada 9 operator yang siaga.

"Ada 9 operator yang siaga,sehingga tugasnya mengarahkan pasien yang urgent untuk langsung ditempatkan sesuai rujukan," katanya.

Akan tetapi, nomor layanan call center tersebut, tidak di-publish secara umum. Karena, nomor tersebut hanya terkoneksi dengan bidan dan dokter kandungan di setiap Puskesmas.

Ambu Anne menuturkan alasan digulirkannya layanan tersebut. Karena, dia menilai, selama ini kerap terjadi permasalahan lambatnya penangan pasien di RS.

Bantu Bidan mencari RS Rujukan terdekat

 

Purwakarta Gulirkan Program Jabang Tutuka.

Salah satunya, disebabkan ruangan yang penuh. Dengan begitu, banyak pasien yang hanya ditangani di UGD, atau ditolak dirujuk dengan alasan kamarnya yang penuh.

"Tapi dengan layanan ini, pasien tidak perlu risau. Karena petugas kami yang akan mencarikan tempat untuk rujukannya itu, termasuk siaganya kendaraan ambulans," jelas dia.

Adapun 10 rumah sakit yang telah kerja sama dengan pemkab ini, di antaranya RSUD Bayu Asih, RS Ramahadi, RS Siloam, RS MH Thamrin dan RS Bakti Husada. Dia berharap, dengan upaya ini pelayaan kepada masyarakat bisa lebih maksimal.

Dia pun menjelaskan alasan lain dibuatnya layanan teuntuk meminimalisasi angka kematian ibu (AKI) dan bayi (AKB). Pasalnya, sampai saat ini kasus AKI dan AKB di wilayah ini dinilai masih cukup tinggi.

Sepanjang 2018 saja, kata dia, kematian ibu mencapai 32 kasus. Sedangkan, angka kematian bayi yang baru lahir (neo) mencapai 47 kasus. Serta, kematian bayinya 10 kasus.

Sedangkan, di 2019 ini terdata sampai Juni lalu, ada delapan kasus kematian ibu. Lalu, 18 kasus kematian bayi yang baru lahir. Serta, ada delapan kasus kematian bayi.

"Dengan adanya call center Jabang Tutuka ini, diharapkan AKB dan AKI bisa diminimalisasi," pungkasnya.

Sedangkan menurut PLT Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, dr. Deni Darmawan mengatakan, Jabang Tutuka sejatinya akan membantu para bidan desa dalam mencari RS rujukan ketika ibu hamil dalam posisi urgent.

"Di sini bagian dari percepatan dalam memberikan layanan kesehatan khususnya untuk ibu hamil," jelasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Darmin Nasution Ceritakan Pengalaman Jadi Menteri Koordinator

Posted: 08 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memberikan sambutan dalam peresmian Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). BPDLH tersebut nantinya akan memiliki dewan pengarah yang terdiri dari atas menteri.

Darmin pun bercerita tak mudah menjadi menteri koordinator yang memimpin banyak kementerian. Tak jarang, dirinya harus bisa keras, tetapi juga harus mampu menahan diri agar keputusan yang diambil tepat sasaran.

"Jadi Menko itu kadang-kadang harus bisa keras, kadang-kadang harus bisa menahan diri," ujar Darmin disambut tawa peserta peresmian BPDLH di Lapangan Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (9/10).

 

Menteri Koordinator, kata Darmin Nasution, juga harus mampu menegur apabila ada kebijakan yang belum sesuai. "Kadang-kadang harus bisa menginjak kaki, tapi tidak pernah menginjak kepala. Iya, kan," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, BPDLH memang memiliki banyak dewan pengawas. Nantinya, apabila dalam pengambilan keputusan dibutuhkan kesepakatan maka tidak perlu menunggu 10 menteri berkumpul.

"Memang dewan pengarahnya banyak. 10 kata Menkeu, nanti sudah tentu mengumpulkan 10 menteri, itu urusannya panjang. Bisa 3 bulan untuk mencari cocok waktunya. Jadi caranya, kalau topik membahas 3-4 kementerian, 3-4 menteri saja yang ikut, tidak usah semua menteri," jelas Darmin Nasution.

Sebelumnya, Pemerintah secara resmi telah membentuk Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). Badan ini merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan yang pengelolaannya dilakukan secara profesional.

Badan tersebut dirancang untuk mampu mendorong pembiayaan di bidang lingkungan hidup, Mulai beroperasi pada 1 Januari 2020, badan ini diharapkan dapat memastikan keberlangsungan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Resmikan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Keuangan Sri Mulyani meresmikan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup. (Merdeka.com/Anggun P. Situmorang)

Pemerintah secara resmi telah membentuk Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Rabu (9/10). Badan ini merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan yang pengelolaannya dilakukan secara profesional.

Badan tersebut dirancang untuk mampu mendorong pembiayaan di bidang lingkungan hidup, Mulai beroperasi pada 1 Januari 2020, badan ini diharapkan dapat memastikan keberlangsungan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Badan ini diarahkan dapat menerapkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dananya, serta memiliki standar tata kelola internasional. Dapat kami sampaikan bahwa saldo awal dana pokok BLU Pusat P2H sebesar Rp 2,1 triliun," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Pembangunan senantiasa menampilkan dua sisi yang saling berlainan, pertumbuhan ekonomi dan kualitas lingkungan hidup. Namun keduanya perlu berjalan beriringan dalam koridor yang disepakati sebagai pembangunan berkelanjutan.

Selama ini, pemerintah telah mengelola berbagai sumber pendanaan yang mendukung pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, baik yang bersumber dari dana dalam negeri maupun luar negeri. Namun, dukungan pendanaan yang ada belum secara optimal mencapai target yang diharapkan.

Maka, merujuk pada mandat Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2017 tentang Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup dan Peraturan Presiden No. 77 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup, dibentuklah Badan Layanan Umum Pengelola Dana Lingkungan Hidup ini.

Menko Darmin berharap, BPDLH dapat bekerja sama dengan berbagai pihak dan mitra pembangunan serta mengembangkan diri dan berinovasi untuk menggali sumber-sumber pendanaan dalam membiayai kegiatan-kegiatan yang dimandatkan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar pun menambahkan, pembentukan badan ini merupakan langkah konkret Indonesia untuk melengkapi upaya pengendalian dan penanganan perubahan iklim.

"Langkah kita dalam implementasi The Paris Agreement semakin konkret. BPDLH atau yang saya sebut juga LH Fund ini diharapkan memberikan ruang dan positioning yang sistematis dalam pengendalian dan penanganan perubahan iklim," terang Siti Nurbaya Bakar.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turun Panggung, Shawn Mendes Menyalami Penonton Konser

Posted: 08 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shawn Mendes menggeber lagu-lagu hit-nya sejak awal hingga pertengahan konser yang digelar di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (8/10/2019) malam.

Nomor-nomor seperti "Lost In Japan", "There's Nothing Holdin' Me Back", "Stitches", "Senorita", serta "Treat You Better", menjadi pilihan Shawn Mendes untuk dinyanyikan hingga pertengahan aksinya.

Tak sampai di situ saja, Shawn Mendes tetap memberikan suguhan menarik sejak pertengahan hingga akhir penampilannya. Saat menyanyikan lagu "Why", Shawn Mendes turun panggung untuk menyalami beberapa penonton yang duduk di barisan depan.

Sebelum melakukannya, Shawn sempat menyampaikan pesan positif saat membawakan lagu "Youth". "Untuk kalian semua di sini, percayalah bahwa kalian bisa mengubah dunia dan bisa menjadikannya lebih baik," ucapnya lantang.

 

Beri Salam Penghormatan

Shawn Mendes (Istimewa)

Tak hanya melantunkan lagu-lagu sendiri, Shawn Mendes juga menyanyikan lagu "Fix You" milik band asal Inggris, Coldplay. Ia pun melanjutkannya dengan nomor-nomor pilihan lainnya, yakni "I Can't Have You" dan "Mercy".

Menutup konsernya, Shawn Mendes membawakan tembang upbeatnya, "In My Blood" yang dihiasi oleh asap panggung dan potongan kertas kecil yang dihamburkan.

Setelah memberi salam penghormatan sambil mengucapkan terima kasih, Shawn Mendes langsung berjalan ke belakang panggung dan lampu venue pun menyala.

 

Tak Keluar Lagi

Shawn Mendes (GREGG DEGUIRE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Penonton sempat berteriak berkali-kali, "We want more!" Sayangnya, "In My Blood" menjadi lagu terakhir Shawn Mendes di Sentul International Convention Center pada malam tadi.

Pihak promotor sempat mengatakan dalam jumpa pers beberapa waktu lalu bahwa panggung konser yang digunakan Shawn Mendes untuk rangkaian "Shawn Mendes: The Tour Asia" ini serupa dengan yang ada di Eropa.

Menurut pantauan Liputan6.com, konser yang bertempat di dalam gedung SICC ini, setidaknya menampung ribuan penonton. Ditiadakannya kelas festival, membuat seluruh penonton mendapatkan kursi. Posisi panggung pun berada di bawah penonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Seleb Tanah Air Ini Mengidap Penyakit Autoimun, Terbaru Ashanty

Posted: 08 Oct 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini dunia hiburan Tanah Air sedang diramaikan dengan kabar beberapa publik figur yang sakit. Terbaru adalah Ashanty. Tak tangung-tanggung sebagian dari para selebritis tersebut mengidap penyakit yang cukup langka.

Salah satunya penyakit yang sedang ramai dibicarakan adalah Autoimun. Autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh atau imun tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Padahal sistem imun bertugas melawan infeksi virus, bakteri, dan benda asing lainnya. Kegagalan inilah yang kemudian mengakibatkan sistem imun menyerang tubuh dan menimbulkan penyakit.

Ashanty tak menyangka ketika dokter Terawan di RSPAD, Jakarta, mendiagnosis dirinya mengidap autoimun, seperti Liputan6.com kutip dari Dream, Rabu (9/10/2019). Awalnya ibu 2 anak ini hanya ingin cek kesehatan biasa ditemani oleh sang suami.

Ashanty mengaku kerap mengalami sakit kepala. Ia juga mengungkapkan mudah lupa, cemas, stres, hingga gampang kepikiran. Meski khawatir, Ashanty mengaku cukup tenang, karena ditangani oleh ahlinya. Ternyata penyakit semacam ini juga diderita beberapa publik figur lainnya.

Berikut 5 seleb yang mengidap Autoimun sebagaimana Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/10/2019).

1. Ashanty

Ashanty dan Aurel Hermansyah. (Instagram/aurelie.hermansyah)

Ashanty baru-baru ini mengabarkan dirinya tengah mengidap autoimun. Hal ini diketahui publik melalui unggahannya di Instagram pada, Selasa (9/10/2019). Dalam unggahan tersebut Ashanty membeberkan beberapa gejala awal yang ia rasakan sebelum diagnosis mengidap autoimun.

Ia mengaku sering sakit kepala, mudah lupa, cemas dan stres. Hingga sekarang istri Anang Hermansyah ini belum menjelaskan dengan detail jenis penyakit autoimun yang diidapnya.

Pasalnya ada beberapa jenis penyanyit autoimun diantara lupus, Rheumatoid arthritis, Diabetes tipe 1, Multiple sclerosis (MS), Penyakit Graves, dan Psoriasis.

2. Raditya Dika

Radittya Dika (Liputan6.com/IG/@anissaaziza)

Raditya Dika juga merupakan salah satu selebritis yang mengidap autoimun. Bahkan Radit harus bolak-balik Indonesia- Singapura untuk berobat.

Diketahui komika ini sudah mengidap autoimun sejak 2013. Gejala yang dialami Radit adalah kulitnya kering hingga muncul ruam saat kondisinya sedang stres. Tak hanya itu, saat stres persendiannya bisa sangat nyeri.

3. Qory Sandioriva

Qory Sandioriva (Instagram/Qory Sandioriva)

Aktris cantik sekaligus finalis Puteri Indonesia 2009 ini memang belakangan jarang sekali muncul di layar televisi. Tak banyak yang tahu jika di balik itu ternyata Qory juga sedang berjuang melawan sakit yang diidapnya, yakni Autoimun, Lupus.

Penyakit autoimun itu pula lah yang menyebabkan Miss Universe Indonesia 2010 naik berat badan drastis meski sudah berusaha diet. Ternyata, penyebab kenaikan berat badan Qory Sandioriva juga karena mengonsumsi steroid untuk memperlambat pertumbuhan penyakitnya.

Ibu satu anak ini bahkan sempat berobat ke Singapura hingga Korea Selatan.

4. Indadari Mindrayanti

Mantan istri Caisar Putra Aditya, Indadari Mindrayanti diketahui menderita psoriasis sejak 2009. Indadari baru mulai menyadari terkena psoriasis ketika hamil anak pertamanya bersama Caisar. Psoriasis adalah jenis penyakit kulit tak menular terkait autoimun dan bersifat kronis.

Psoriasis ditandai dengan bercak tebal kemerahan di kulit yang ditutupi oleh pengelupasan, seperti sisik putih berlapis dan berbatas tegas. Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui hingga kini. Faktor genetik dan lingkungan yang dapat mengubah sistem regulasi sel-sel kulit diduga berperan memicu penyakit ini.

5. Ega Olivia

Ega Olivia (istimewa)

Bagi para pecinta film Tanah Air pasti sudah tidak asing lagi dengan pemain 'Catatan Akhir Sekolah' Ega Olivia. Lama tak muncul di layar kaca, ternyata Ega sedang melawan penyanyi Lupus. Tepatnya tahun lalu, Ega didiagnosis menderita penyakit lupus bertepatan di hari ulang tahunnya.

Lupus sendiri merupakan penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ. Usai vakum untuk fokus pada penyembuhan, Ega diketahui mulai aktif kembali ke dunia hiburan Tanah Air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesangon yang Harus Dibayar MU Jika Pecat Ole Gunnar Solskjaer

Posted: 08 Oct 2019 09:35 PM PDT

Manchester - Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer terancam dipecat sebelum musim 2019-2020 berakhir. Hal ini karena performa buruk yang ditunjukkan klub berjuluk Setan Merah itu pada awal musim.

MU memulai musim 2019-2020 dengan hasil yang kurang memuaskan. MU mengoleksi dua kemenangan dari delapan pertandingan yang sudah dijalani.

Hasil tersebut membuat MU berada di peringkat ke-12 pada klasemen sementara Liga Inggris. The Red Devils mengumpulkan sembilan poin dari delapan pertandingan tersebut.

Situasi itu membuat posisi Ole Gunnar Solskjaer sebagai Manajer MU terancam. Direksi MU disebut sudah mengadakan pertemuan darurat untuk membahas masa depan Solskjaer.

MU diwajibkan membayar kompensasi jika memecat Solskjaer sebelum kontraknya berakhir. Namun, kompensasi yang dibayarkan Manchester United untuk Solskjaer tidak sebesar Jose Mourinho.

MU membayar 20 juta pound ketika memutus kontrak Mourinho. Namun, Manchester United hanya akan membayar 7 juta pound (Rp121 miliar) jika memecat Solskjaer sebelum kontraknya berakhir.

Calon Pengganti

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer.. (AFP/Paul Ellis)

Manchester United sudah dikaitkan dengan sejumlah pelatih. MU menyiapkan rencana jika harus berpisah dengan Solskjaer.

Satu di antara nama pelatih yang berpeluang menggantikan Solskjaer adalah Massimiliano Allegri. Pelatih asal Italia itu sedang tidak terikat dengan klub mana pun setelah berpisah dengan Juventus pada akhir musim 2019-2020.

Allegri sudah menyiratkan kalau ia tertarik untuk melanjutkan karier ke Premier League. Hal itu ia tunjukkan dengan mengambil kelas bahasa Inggris.

Sumber: Metro

Disadur dari Bola.com (Penulis Aditya Wicaksono / Editor Rizki Hidayat, Published 08/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Jatuhkan Sanksi pada 28 Entitas China Akibat Isu Uighur Xinjiang

Posted: 08 Oct 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Amerika Serikat menjatuhkan sanksi kepada 28 entitas asal China pada Senin 7 Oktober 2019. Penjatuhan sanksi didasari atas tuduhan bahwa entitas Tiongkok itu telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia kepada kelompok etnis minoritas muslim Uighur dan lainnya di Xinjiang.

Ke-28 entitas itu masuk dalam daftar Entitas yang Dipantau oleh Kementerian Keuangan AS, di mana mereka dilarang untuk melakukan hubungan ekonomi dan bisnis dengan entitas Amerika tanpa seizin Washington DC.

Entitas yang ditimpa sanksi memiliki latar belakang beragam, mulai dari lembaga keamanan daerah; perusahaan teknologi surveilans ternama, Hikvision; dan firma teknologi kecerdasan buatan Megvii Tech dan SenseTime.

China murka atas langkah AS, menyebut aksi mereka tidak mendasar.

"Tidak ada yang namanya pelanggaran hak asasi manusia sebagaimana yang diklaim Amerka," kata Menteri Luar Negeri China, Geng Shuang, demikian seperti dikutip dari BBC, Rabu (9/10/2019).

"AS sengaja untuk mencampuri urusan dalam negeri China," lanjutnya.

Kata AS

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Kementerian Perdagangan AS mengatakan, 28 entitas itu terlibat dalam kampanye penindasan Tiongkok, penahanan sewenang-wenang massal, dan pengawasan teknologi tinggi terhadap warga Uighur, Kazakh, dan anggota kelompok minoritas Muslim lainnya.

Biro Keamanan Umum provinsi Xinjiang ada dalam daftar, bersama dengan 19 lembaga pemerintah kecil lainnya.

Dahua Technology, Hikvision dan Megvii Technology adalah di antara delapan kelompok komersial dalam daftar, yang semuanya berspesialisasi dalam teknologi pengenalan wajah.

Hikvision adalah salah satu produsen peralatan pengawasan terbesar di dunia. Salah satu produk unggulan mereka adalah kamera CCTV.

"Mereka telah terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran dalam pelaksanaan kampanye penindasan Tiongkok, penahanan sewenang-wenang massal, dan pengawasan teknologi tinggi," kata pemerintah AS.

Megvii, yang didukung oleh raksasa e-commerce Alibaba, mengatakan dalam sebuah pernyataan pihaknya "sangat" memprotes keputusan itu, yang menurutnya "tanpa dasar faktual".

Perusahaan mengatakan teknologinya memiliki "dampak positif pada masyarakat".

Situasi di Xinjiang

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

China telah meluncurkan operasi keamanan besar-besaran di Xinjiang, di ujung baratnya, dalam beberapa tahun terakhir.

Liputan6.com, atas undangan pemerintah China, menginjakkan kaki ke wilayah selatan provinsi itu pada Februari 2019, dan melihat sendiri bagaimana kamera CCTV terpasang di seluruh sudut kota, jalan dan persimpangan (termasuk gang-gang kecil) hingga area perumahan.

Kami juga diizinkan mengunjungi apa yang selama ini dideskripsikan oleh kelompok hak asasi manusia dan panel ahli PBB sebagai "kamp penahanan massal bagi satu juta warga etnis minoritas Uighur, Kazakh, Kirgiz, dan lainnya, di mana mereka menjalani proses 'pendidikan ulang'."

China membantah pendeskripsian itu. Salah seorang pejabat partai komunis lokal mengatakan kepada Liputan6.com bahwa fasilitas itu merupakan "pusat pelatihan vokasional" yang memberi mereka pekerjaan dan membantu mereka berintegrasi sesuai dengan nilai-nilai umum masyarakat Tiongkok, atas nama mencegah radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

Namun, figur serta kelompok aktivis Uighur mempertahankan tuduhan mereka bahwa China telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia massal.

Dan pada bulan Juli, lebih dari 20 negara di Dewan Hak Asasi Manusia PBB menandatangani surat bersama yang mengkritik perlakuan China terhadap Uighur dan Muslim lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marco Giampaolo Korban Ke-8 AC Milan Sejak Hengkangnya Allegri

Posted: 08 Oct 2019 09:32 PM PDT

Milan - AC Milan. jadi salah satu raksasa Eropa yang paling sering gonta-ganti pelatih dalam lima tahun terakhir. Total, ada delapan pelatih yang harus menjadi korban teganya manajemen AC Milan sejak hengkanganya Massimiliano Allegri pada 2014.

Allegri pergi dari AC Milan pada Januari 2014. Sejak itu, ada delapan pelath berbeda yang duduk di bangku cadangan, dan harus menerima imbas negatif: dipecat. Kini, rumors beredar, Stefano Pioli akan menjadi orang ke-9 dalam lima tahun terakhir.

Keputusan AC Milan dalam menentukan nasib 8 pelatih dalam periode lima tahun terakhir seolah menjadi tradisi. Sayang, langkah mereka tak pernah membantu kinerja klub, yang dalam kurun waktu tersebut sudah ada tiga pemilik berbeda dengan ragam jajaran susunan direksi.

Sesaat setelah Allegri pergi, Mauro Tassotti sempat menjabat caretaker, sebelum Clarence Seedorf mengambil alih. Setelah tu, giliran Filippo Inzaghi yang duduk di kursi panas, setelah mendapat promosi dari tim Primavera.

Kegagalan Super Pippo membuat manajemen AC Milan. memilih Sinisa Mihajlovic. Mantan bek kiri tersebut juga gagal, dan harus pergi pada medio April 2016. Nama Cristian Brocchi berada di bangku cadangan sampai akhir musim 2015-2016.

 

Montella dan Gattuso

Pelatih AC Milan, Vicenzo Montella memberi intruksi pada pemainnya saat bertanding melawan Sassuolo pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Mapei di Reggio Emilia (5/11). Milan menang dengan skor 2-0 atas Sassuolo. (Elisabetta Baracchi / ANSA via AP)

Masuk awal musim 2016-2017, Vincenzo Montella menjadi pelatih anyar. Sang Pesawat Terbang tersebut sempat mengirim sinyal bagus kala memberi AC Milan trofi Piala Super Italia. Ia bertahan lebih dari setahun, dan baru dipecat pada November 2017.

Gennaro Gattuso masuk ke jajaran elit setelah promosi dari tim kepelatihan Primavera. Rino bertahan sampai 2018-2019. Ia memutuskan pergi dari AC Milan sebelum dipecat dengan alasan khusus terkait kontrak.

Lalu, Marco Giampaolo muncul pada musim panas tahun lalu. Sayang, ia hanya sanggup bertahan tujuh pertandingan dengan durasi 111 hari. Kini, AC Milan harus bekerja keras menentukan pelatih agar bisa menembusempat besar. Kali terakhir AC Milan berada di posisi empat besar Serie A, terjadi pada 2012-2013.

 

Marco Giampaolo Masuk

AC Milan resmi memecat Marco Giampaolo sebagai pelatih, Selasa (8/10/2019). (AP Photo/Antonio Calanni)

Marco Giampaolo masuk ke jajaran keluarga besar AC Milan pada 1 Juli 2019. Ia tak berumur lama setelah hanya mengoleksi 3 kemenangan dan 4 kekalahan selama memegang AC Milan. Posisi AC Milan pada klasemen sementara Liga Italia Serie A juga berbahaya, karena berada di peringkat 13.

"AC Milan mengumumkan telah membebaskan Mr Marco Giampaolo dari posisinya sebagai pelatih Tim Utama. Klub berterima kasih kepada Marco untuk pekerjaan yang dilakukan dan mengucapkan semoga yang terbaik untuknya dalam karir profesionalnya." bunyi pernyataan resmi dari situs AC Milan.

Sepanjang sepak terjang bersama AC Milan, Marco Giampaolo sudah melakukan beragam pembenahan, termasuk merekrut beberapa pemain. Sayang, formasi ala Giampaolo tak sanggup menghadapi tekanan berat di pentas Liga Italia Serie A. AC Milan justru terjerembab pada laga pembuka 2019-2020, kala takluk di markas Udinese, dengan skor 0-1.

Sumber: Opta, Gazzetta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Cara Apple Bikin iPhone Curian Jadi Tak Bernilai

Posted: 08 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang cara Apple mengatasi maraknya aksi pencurian iPhone di toko resmi perusahaan, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (8/9/2019).

Tak hanya itu, berita lain yang juga banyak dibaca, termasuk Instagram rilis fitur untuk memperkuat keamanan di platform-nya, dan bos Tokopedia puji pencapaian BTS di industri musik.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Jurus Apple Agar iPhone Curian Jadi Tak Bernilai

iPhone tak dimungkiri masih menjadi produk mahal dan bernilai jual tinggi. Karenanya, aksi pencurian di toko resmi Apple masih kerap terjadi di beberapa kota besar di dunia.

Menyadari hal tersebut, Apple ternyata sudah memiliki jurus pamungkas untuk mengatasinya.

Dikutip dari BGR, Selasa (8/10/2019), Apple menyebutkan pihaknya telah memiliki sistem keamanan yang membuat iPhone curian dari toko resmi itu menjadi tidak bernilai.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Perkuat Keamanan, Instagram Rilis Fitur Email

Instagram pada hari ini meluncurkan fitur keamanan baru bernama Email dari Instagram. Fitur baru ini bertujuan membantu mencegah upaya hacking (peretasan akun) dan phishing (penipuan).

Dikutip dari keterangan resmi Instagram, Selasa (8/10/2019), Email dari Instagram membantu pengguna memastikan mengenai keaslian email yang mereka terima, apakah resmi dari tim Instagram atau tidak.

"Hacking dan phishing adalah perilaku yang sudah ada sejak lama. Namun, sekarang ini para pelaku kejahatan semakin pintar dalam membuat email palsu yang mengatasnamakan Instagram. Sehingga, banyak pengguna yang tertipu karena semakin sulit membedakan email yang resmi dari Instagram dan email palsu," jelas juru bicara Instagram.

Baca selengkapnya di sini

3. Bos Tokopedia Puji Pencapaian BTS di Industri Musik

Boy band asal Korea Selatan (Korsel), BTS, menjadi brand ambassador Tokopedia. Hal ini diumumkan langsung oleh CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, serta akun resmi perusahaan di media sosial Twitter dan Instagram.

"Hari ini dengan bangga Tokopedia resmi mengumumkan BTS sebagai brand ambassador Tokopedia," tulis William di akun Instagram miliknya, Selasa (8/10/2019).

William pun memuji pencapaian BTS di industri musik, serta upaya mereka menyebarkan pesan positif di dunia.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Salurkan Bantuan bagi 24 Rumah Terdampak Gempa Ambon

Posted: 08 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyalurkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 24 rumah yang terdampak bencana gempa di Ambon.

Saat ini, proses pembangunan rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon masih dalam tahap proses pembangunan dan diperkirakan akan selesai pada akhir tahun ini.

 

"Ada 24 rumah yang kami lakukan bedah rumah melalui Program BSPS akibat mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Ambon," ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Penyediaan perumahan Provinsi Maluku Pither Pakabu dalam sebuah keterangan tertulis, Rabu (9/10/2019).

Kasatker SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku didampingi KMProv, Koordinator Fasilitator, dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) BSPS Kota Ambon melakukan tinjauan lokasi pembangunan BSPS yang berada di Desa Wayame dan Kelurahan Rumah Tiga, Kota Ambon. Daerah tersebut banyak terdapat rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon dan sekitarnya pada 26 September 2019 lalu.

"Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilaksanakan dalam rangka pendataan kerusakan bangunan rumah yang terdampak akibat gempa 6,8 SR sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi pembangunan rumah program BSPS kepada para penerima bantuan," tuturnya.

Progres Pembangunan

Kondisi bangunan rumah yang rusak akibat gempa di Ambon, Maluku, Jumat (27/9/2019). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut korban meninggal akibat gempa magnitudo 6,5 yang mengguncang Maluku pada 26 September 2019 sebanyak 23 orang. (HO/BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA/AFP)

Berdasarkan data SNVT Penyediaan perumahan Provinsi Maluku, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku di tahun anggaran 2019 ini menjalankan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan alokasi jumlah sebanyak 3.000 unit rumah yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Maluku.

Saat ini juga terdapat 24 unit rumah yang mendapatkan bantuan di Desa Wayame Kecamatan Teluk Ambon. Dari hasil pemantauan di lapangan, progres pembangunan telah mencapai 60 persen.

Sementara di Desa Taeno Kelurahan Rumah Tiga, didapati progres pembangunan yang telah mencapai tahap finising atau 100 persen.

Piether Pakabu juga menyampaikan agar pekerja selalu menjaga kualitas pekerjaan sehingga mutu yang dihasilkan menjadi lebih baik. Selain itu, ia juga mengingatkan agar bahan dari toko penyalur diberikan sesuai dengan tahapan pekerjaan BSPS dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Sementara bahan atau material diluar dari biaya BSPS disesuaikan dengan swadaya atau kemampuan dari penerima bantuan. "Kami harap para penerima bantuan bedah rumah ini bisa menjaga kualitas bangunan bantuan dari pemerintah," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tips Membeli Kamera untuk Pemula, Jangan Sampai Salah Pilih

Posted: 08 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tips membeli kamera untuk pemula mungkin benar-benar harus diperhatikan. Hal ini disebabkan bila salah memilih kamera dan tidak sesuai dengan kebutuhan maka bisa jadi kamera tersebut malah tidak terpakai dan jadi sia-sia. 

Banyak orang yang ingin membeli kamera walaupun mereka belum terlalu mengerti bagaimana cara mengoperasikannya. Apalagi sudah banyak jenis-jenis kamera sekarang ini dengan berbagai fitur yang ditawarkannya. Tentunya memilih kamera akan semakin sulit dengan banyaknya pilihan.

Tips membeli kamera untuk pemula harus dipikirkan dengan matang agar tidak salah pilih. Dengan begitu, kamu bisa membeli kamera yang benar-benar kamu butuhkan, dan sesuai dengan niat awalmu membelinya. Jadi, kamera yang kamu beli tidak akan sia-sia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/10/2019) tentang tips membeli kamera untuk pemula

Tujuan Membeli Kamera

Kamera Pocket (Sumber: Pixabay)

Tips membeli kamera untuk pemula yang pertama adalah tentukan tujuan kamu dalam membeli kamera. Jenis fotografi seperti apa yang kamu inginkan? Ini adalah pertanyaan paling sederhana tapi juga paling sulit dijawab.

Apakah kamu mulai tertarik dengan fotografi atau sekadar hobi pastikan kamu sudah tahu apa tujuanmu agar kamu membeli kamera sesuai kebutuhanmu. Kalau kamu memang mau menyelami dunia fotografi maka penting sekali membeli kamera yang fiturnya canggih dan resolusi gambarnya bagus.

Apapun alasannya, pastikan kamu sudah menetapkan tujuan sebelum membeli kamera.

Tentukan Budget

Kamera DSLR (Sumber: Pixabay)

Tips membeli kamera untuk pemula selanjutnya adalah menentukan budget. Beberapa orang mungkin belum tahu pasaran kamera tapi setidaknya harus sudah punya patokan budget untuk membelinya.

Hanya karena kamu ingin membeli kamera yang canggih bukan berarti kamu menghabiskan semua budget. Kamu harus senantiasa menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu dan jangan merasa gengsi bila saat ini kamu hanya mampu membeli kamera dengan harga yang tidak terlalu mahal. Asalkan fitur teknologinya tetap bisa bersaing dengan kamera yang harganya mahal, tentunya tidak ada masalah.

Kamu bisa memilih kamera dengan harga sekitar Rp 6 juta sampai dengan Rp 10 jutaan untuk yang simpel tapi sudah mumpuni. Namun, jika berniat cari kamera yang lebih mutakhir, kamu bisa siapkan dana mulai dari Rp 13 juta.

Pilih yang Mudah Digunakan

Kamera Mirrorless (Sumber: Ubergizmo)

Selain itu, sebagai pemula tentunya kamu harus belajar dari awal dalam menggunakan kamera. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membeli kamera yang sudah memiliki fitur shooting automode agar kamu tidak perlu lagi mengatur tingkat kecerahan atau fokus kameramu.

Karena biasanya bagi seorang pemula, yang paling penting adalah kamera sudah mampu menghasilkan foto dengan angle yang bagus tanpa harus mengatur hal-hal lain yang membuat repot.

Fitur Kamera

Kamera (Sumber: Pixabay)

Selain itu, kamu juga harus memikirkan berbagai fitur yang disediakan oleh kamera. Tidak hanya fitur khusus yang berpengaruh terhadap gambar yang dihasilkan, namun juga fitur umum seperti wifi atau bluetooth.

Apalagi untuk pemula, tentunya belum terlalu memikirkan fitur pengambilan gambar pada kamera. Fitur kamera seperti wifi atau bluetooth tentunya akan sangag membantu dalam memidnahkan foto ke perangkat lainnya.

Akan sangat merepotkan bila kamu membeli kamera yang tidak mempunyai fitur wifi atau bluetooth karena kamu harus buka tutup sd card-nya berulang kali.

Pilih Model Kamera

action cam (Sumber: Pixabay)

Tips membeli kamera untuk pemula berikutnya adalah memilih model kamera. Jangan hanya fokus pada fiturnya saja, lebih baik kamu memilih kamera dengan model yang kamu suka. Hal ini nantinya sangat menentukan kenyamanan kamu dalam menggunakannya.

Untuk pemula sendiri lebih baik membeli kamera dengan model point and shoot atau mirrorless yang cenderung lebih ringan digunakan tanpa terasa berat. Karena kamera yang bentuknya lebih berat tentunya akan menyulitkan kamu sendiri dalam menggunakannya.

Kamu bisa memilih beberapa jenis kamera, seperti kamera pocket, kamera mirrorless, kamera DSLR, hingga actioncam. Mulai dari kamera pocket yang mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil, hingga kamera DSLR yang berat namun banyak juga digunakan profesional bisa kamu pilih. Selain itu, ada juga mirrorless dengan berbagai kecanggihannya hingga actioncam untuk kamu yang suka petualangan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dovizioso: Marquez Pantas Juara Dunia MotoGP 2019

Posted: 08 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Buriram - Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso memuji rider Repsol Honda Team, Marc Marquez yang telah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2019. Marquez menjadi juara dunia di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, akhir pekan lalu.

Di MotoGP Thailand, Marquez finis di posisi tedepan dengan catatan waktu 39 menit 36.223 detik, ungul 0,171 detik dari pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo.

Kemenangan di MotoGP Thailand membuat rider berusia 26 tahun itu mengoleksi 325 poin. Sedangkan Andrea Dovizioso malah finis di urutan keempat. Dovizioso yang berada di posisi kedua dalam klasemen mengoleksi 215 poin.

"Marquez melakukan musim yang luar biasa, karena dia hanya mendapat hasil buruk di Austin. Itu merupakan sesuatu yang gila di MotoGP pada zaman ini," kata Dovizioso, seperti dikutip dari Motor Sport.

"Semua orang di ajang ini sangat sulit mengalahkan Marc Marquez. Anda dapat melihatnya dari tahun pertama dia berada di MotoGP, sangat kuat, bukan hanya kecepatan, tapi dia juga cerdas," ucap pria asal Italia tersebut melanjutkan.

 

Tampil Meyakinkan Sejak Awal Musim

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, meraih gelar juara dunia yang kedelapan setelah finis terdepan pada MotoGP Thailand di Chang International Circuit, Buriram, Minggu (6/10/2019). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Lebih lanjut, Dovizioso mengatakan, Marquez tampil mengesankan sejak awal musim. Hingga menjadi juara dunia di Thailand, Marquez mengantongi sembilan kemenangan.

"Bila dibandingkan dengan dua musim sebelumnya, Marquez berhasil membuat sedikit kesalahan. Jadi ini membuat pembalap lain kesulitan," ucap Dovizioso.

"Sejak awal, dia berhasil menciptakan selisih yang sangat jauh. Jadi, kita bisa mengucapkan selamat kepada Marquez dan Honda karena mendapat musim yang luar biasa," katanya.

 

Merusak Rekor Rossi

Dengan menjadi juara dunia MotoGP 2019, Marquez merusak rekor pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. Pada tahun 2005, Rossi menjadi juara dunia dengan menyisakan empat balapan.

Rossi merebut gelar juara dunia MotoGP 2005 dengan empat seri tersisa ketika musim berisikan 17 balapan. Sementara di MotoGP 2019 ada 19 seri balapan. Kini, Rossi harus berbagi tempat dengan Marquez. Pembalap asal Spanyol itu sudah melakukan hal yang pernah dibuat Rossi lebih dari satu dekade lalu.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karena Permintaan Pacar, Jung Da Eun Jalani Suntik Hormon Pria

Posted: 08 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Jung Da Eun mendadak menjadi buah bibir karena rumor hubungan asmaranya dengan Han Seo Hee. Jung Da Eun sendiri adalah mantan ulzzang, atau sebutan bagi orang-orang yang populer di internet karena kecantikan dan ketampanannya. 

Jangan salah sangka dengan penampilannya yang tampan bak idol pria. Aslinya, Jung Da Eun adalah seorang wanita. 

Dalam sebuah tayangan live di Instagram Han Seo Hee, Jung Da Eun membuat pengakuan blak-blakan bahwa dia pernah menjalani terapi hormon pria yang menyebabkan fisiknya berubah drastis hingga sekarang.

Diwartakan Koreaboo, Rabu (9/10/2019), Jung Da Eun, mengatakan ia menjalani suntik hormon karena dorongan dari seorang wanita yang pernah menjadi pacarnya dulu. 

"Dulu itu benar-benar sebuah kesalahan. Mantan pacarku yang 12 tahun lebih tua dariku, mengatakan identitasku bisa berubah jadi pria kalau penampilanku juga berubah. Dia mengatakan padaku untuk (suntik hormon) agar kami bisa menikah," jelas Jung Da Eun lewat live Instagram dari akun Han Seo Hee.

 

Punya Jakun

Jung Da Eun (via Koreaboo)

Jung Da Eun mengaku hanya melakukan suntik hormon dua kali saja. Namun ia terkejut karena fisiknya berubah drastis.

"Aku dua kali suntik hormon tapi tak menyangka akan berubah sedrastis ini. Suaraku tidak akan kembali kecuali aku melakukan operasi," kata dia. 

Han Seo Hee yang bersama Jung Da Eun kala live berlangsung mengungkap bahwa selain suara yang berubah, mantan ulzzang ini juga jadi punya bulu kaki. Bahkan Jung Da Eun pun jadi memiliki jakun.

(Ayu Srikhandi/ Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kunjungi Bali, Lee Min Ho Unggah Foto Menggemaskan

Posted: 08 Oct 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor asal Korea Selatan, Lee Min Ho, diketahui mengunjungi Bali pada Jumat (4/10/19). Ia datang untuk menjalani pemotretan. Disela-sela kunjungannya, Lee Min Ho mengunggah beberapa foto yang membuat warganet heboh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Abadikan Hari Tanpa Bayangan di Banten Hari Ini

Posted: 08 Oct 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Serang - Masyarakat Banten akan mengalami hari tanpa bayangan hari ini, Rabu (9/10/2019). Hal ini lantaran matahari berada di posisi paling tinggi di langit.

Hari tanpa bayangan disebabkan karena bidang rotasi bumi tidak berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi. Maka dari itu, matahari dari bumi akan terlihat berubah terus sepanjang tahun antara 23,5 Lintang Utara (LU) sampai dengan 23,5 Lintang Selatan (LS).

"Ini sudah siklus tahunan. Setiap tahunnya terjadi dua kali," kata prakirawan BMKG Serang, Trian, melalui pesan singkatnya, Rabu (9/10/2019).

Efeknya, cuaca di Banten akan lebih panas dibanding hari lainnya. BMKG memprediksi suhu di 'Bumi Jawara' mencapai 34 derajat Celcius. Bagi warga Kota Serang yang ingin mengabadikan momen hari tanpa bayangan, bisa berswafoto pada pukul 11.42 WIB.

"Suhu lebih panas dari biasanya," ujarnya.

Berikut daftar beberapa wilayah di Banten dan waktu hari tanpa bayangan:

1) Serang pukul 11:42:47 WIB

2) Ciputat pukul 11:40:34 WIB

3) Tangerang pukul 11:40:52 WIB

4) Cilegon pukul 11:43:13 WIB

5) Tigaraksa pukul 11:41:28 WIB

6) Ciruas pukul 11:42:47 WIB

7) Pandeglang pukul 11.43.00 WIB

Prakiraan cuaca wilayah Banten dan sekitarnya untuk tanggal 9 Oktober 2019, pagi hari berawan, siang berawan, dan hujan lokal di wilayah Anyer, Tigaraksa, dan Lebak. Malam hari berawan, hujan lokal di wilayah Ciruas dan Serang. Dini hari berawan dan hujan ringan wilayah Lebak.

Suhu udara antara 22-34 derajat Celcius. Kelembaban udaranya 50-90 persen. Kecepatan angin antara 10-40 kilometer per jam. BMKG pun mengeluarkan peringatan potensi angin kencang di wilayah Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan wilayah Tangerang. Kemudian peringatan dini gelombang tinggi di Selat Sundan bagian Selatan dan Samudera Hindia bagian Selatan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Resmikan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup

Posted: 08 Oct 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah secara resmi telah membentuk Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Rabu (9/10). Badan ini merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan yang pengelolaannya dilakukan secara profesional.

Badan tersebut dirancang untuk mampu mendorong pembiayaan di bidang lingkungan hidup, Mulai beroperasi pada 1 Januari 2020, badan ini diharapkan dapat memastikan keberlangsungan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Badan ini diarahkan dapat menerapkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dananya, serta memiliki standar tata kelola internasional. Dapat kami sampaikan bahwa saldo awal dana pokok BLU Pusat P2H sebesar Rp 2,1 triliun," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Pembangunan senantiasa menampilkan dua sisi yang saling berlainan, pertumbuhan ekonomi dan kualitas lingkungan hidup. Namun keduanya perlu berjalan beriringan dalam koridor yang disepakati sebagai pembangunan berkelanjutan.

Selama ini, pemerintah telah mengelola berbagai sumber pendanaan yang mendukung pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, baik yang bersumber dari dana dalam negeri maupun luar negeri. Namun, dukungan pendanaan yang ada belum secara optimal mencapai target yang diharapkan.

Maka, merujuk pada mandat Peraturan Pemerintah No. 46 tahun 2017 tentang Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup dan Peraturan Presiden No. 77 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup, dibentuklah Badan Layanan Umum Pengelola Dana Lingkungan Hidup ini.

Menko Darmin berharap, BPDLH dapat bekerjasama dengan berbagai pihak dan mitra pembangunan serta mengembangkan diri dan berinovasi untuk menggali sumber-sumber pendanaan dalam membiayai kegiatan-kegiatan yang dimandatkan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar pun menambahkan, pembentukan badan ini merupakan langkah konkret Indonesia untuk melengkapi upaya pengendalian dan penanganan perubahan iklim.

"Langkah kita dalam implementasi The Paris Agreement semakin konkret. BPDLH atau yang saya sebut juga LH Fund ini diharapkan memberikan ruang dan positioning yang sistematis dalam pengendalian dan penanganan perubahan iklim," terang Siti Nurbaya Bakar.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Tata Kelola yang Baik

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendukung pelaksanaan BPDLH dengan tata kelola yang baik dan efisiensi yang maksimal.

Sebagai informasi, Menko Perekonomian merupakan Ketua Komite Pengarah, dengan anggota-anggota nya terdiri dari Menteri LHK (sebagai Wakil Ketua), Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kemudian, Menteri Perhubungan, Menteri Pertanian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/Kepala Bappenas), Menteri Perindustrian, dan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Acara peluncuran ini diawali dengan Rapat Komite Pengarah BPDLH. Menteri LHK menjelaskan proses transisi dari BLU Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P3H) ke BPDLH, serta indikasi program/kegiatan yang dapat dibiayai oleh BPDLH.

Sementara Sri Mulyani melaporkan proses persiapan dan pembentukan BPDLH, termasuk yang berkaitan dengan struktur organisasi; Sumber Daya Manusia (SDM); biaya operasional BPDLH; Standar, Operasional dan Prosedur (SOP); dan mekanisme penyaluran dana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuhi Panggilan KPK, Anggota BPK Rizal Djalil Siap Bongkar Kasus SPAM

Posted: 08 Oct 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rizal dipanggil penyidik sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kementerian PUPR.

"Saya akan bicara nanti pertama soal uang Rp 3,2 miliar itu siapa yang menerima, dan di mana diserahkan," ujar dia di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019).

Rizal menyatakan, setelah dia membongkar adanya dugaan penyuap dan penerima aliran uang yang dilakukan pihak lain, dia meminta kepada tim penyidik untuk menelisik laporan yang akan dia sampaikan.

"Saya meminta ke penegak hukum untuk membuka itu, mengungkap itu," kata Rizal.

Selain itu, Rizal juga berjanji akan membuka lebih jauh soal adanya oknum Kementerian PUPR yang memiliki peran penting dalam proyek SPAM ini.

"Saya juga akan menjelaskan ke teman-teman media nanti masalah yang terkait dengan apakah benar ada orang yang mengatur di proyek kementerian, siapa yang berwenang yang mengatur proyek di kementerian," kata dia.

Dalam kasus ini KPK menetapkan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil dalam kasus dugaan suap terkait Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR sebagai tersangka. Selain Rizal Djalil, KPK juga menjerat Komisaris Utama PT Minarta Dutahutama (PT MD) Leonardo Jusminarta Prsetyo.

Rizal Djalil diduga menerima SGD 100 ribu dari Leonardo. Uang tersebut diberikan Leonardo lantaran Rizal membantu perusahaan milik Leonardo mendapatkan proyek SPAM jaringan Distribusi Utama (JDU) Hongaria dengan pagu anggaran Rp 79,27 miliar.

Delapan Tersangka

Sebelumnya, KPK telah lebih dahulu menjerat delapan orang sebagai tersangka dalam kasus ini.

Delapan tersangka tersebut yakni, ‎Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo (PT WKE) Budi Suharto, Direktur PT WKE Lily Sundarsih Wahyudi, Direktur Utama PT Tashida Sejahtera Perkasa (PT TSP) Irene Irma, dan Direktur PT TSP, Yuliana Enganita Dibyo. Keempatnya diduga sebagai pihak pemberi suap.

Sedangkan sebagai penerima suap, KPK menjerat empat pejabat Kementerian PUPR, yakni Kepala Satuan Kerja (Satker) SPAM Anggiat Partunggul Nahot Simaremare, PPK SPAM Katulampa Meina Woro Kustinah, Kepala Satker SPAM Darurat Teuku Moch Nazar, serta PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kiriman Gambar di Chat WhatsApp Ini Bikin Kaget dan Emosi

Posted: 08 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi berkirim pesan paling populer di Indonesia. Aplikasi WhatsApp dinilai lebih instan dan efisien dibandingkan dengan SMS. Karena kelebihannya tersebut, aplikasi ini menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia.

Salah satu kelebihan saat menggunakan aplikasi ini ialah kamu dapat mengirimkan foto, stiker maupun gambar. Bahkan dengan mengunakan aplikasi ini, kamu bisa mengirim banyak foto atau gambar secara praktis dan mudah.

Dengan kemudahan mengirim foto inilah banyak orang memanfaatkan wadah ini untuk berbagi momen dengan kawan dekatnya melalui aplikasi WhatsApp. Namun, sering kali seseorang salah mengirimkan gambar nyeleneh yang bikin orang lain ketawa.

Selain buat seru-seruan, kadang ada ada saja kiriman gambar di WhatsApp yang bikin emosi dan gagal paham. Berikut Liputan6.com rangkum dari 1cak.com 6 kiriman gambar di chat WhatsApp yang bikin kaget dan emosi, Rabu (9/10/2019).

1. Susah ngobrol sama teman yang level IQ tingkat dewa kayak gini.

Kiriman Gambar di Chat WhatsApp Ini Bikin Kaget dan Emosi (sumber:1cak.com)

2. Dikasih foto KK beneran dong.

Kiriman Gambar di Chat WhatsApp Ini Bikin Kaget dan Emosi (sumber:1cak.com)

3. Ngirim gambar paling niat bangetlah pokoknya.

Kiriman Gambar di Chat WhatsApp Ini Bikin Kaget dan Emosi (sumber:1cak.com)

4. Kamu cari chubby, giginya gingsul dan lucu, nih abang kenalin.

Kiriman Gambar di Chat WhatsApp Ini Bikin Kaget dan Emosi (sumber:1cak.com)

5. Foto hpnya dong, bukan foto badan kekar kamu.

Kiriman Gambar di Chat WhatsApp Ini Bikin Kaget dan Emosi (sumber:1cak.com)

6. Kalau ini sih nakutin banget tampangnya.

Kiriman Gambar di Chat WhatsApp Ini Bikin Kaget dan Emosi (sumber:1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tayangan Pagi Pagi Pasti Happy Dihentikan Selama 5 Hari oleh KPI

Posted: 08 Oct 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program acara Pagi Pagi Pasti Happy yang tayang di Trans TV dinyatakan telah beberapa kali melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Standar Program Siaran (P3SPS). Akhirnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memutuskan untuk menghentikan sementara tayangan tersebut.

Berdasarkan catatan KPI Pusat, program ini sudah mendapat surat teguran pertama, dan kedua. Dan surat penghentian sementara program Pagi Pagi Pasti Happy tercatat nomor 451b/31.2/09/2019, pekan lalu.

Dilansir dari laman kpi.go.id, Senin (7/10/2019), KPI menjelaskan acara Pagi Pagi Pasti Happy dihentikan selama lima hari penayangan, dan waktunya disampaikan dalam berita acara putusan.

Berdasarkan keterangan dalam surat penghentian, pelanggaran yang dilakukan acara Pagi Pagi Pasti Happy terjadi pada 26 Juli 2019 lalu. Acara tersebut memuat tayangan perseteruan Vicky Prasetyo dan Angel Lelga.

4 Kasus Lainnya

Komisi Penyiaran Indonesia

Selain itu, pada 13 Agustus 2019, acara Pagi Pagi Pasti Happy juga menampilkan perseteruan Nikita Mirzani dan Barbie Kumalasari. Tak hanya itu, pada 15 Agustus 2019, tayangan ini juga melanggar peraturan lantaran memuat rekaman video proses pemeriksaan seorang pria tersangka percobaan perkosaan.

Kasus lainnya, pada 23 Agustus 2019 lalu, acara ini membahas kehidupan Elly Sugigi dengan mantan suaminya, Aldo. Sedangkan pada 26 Agustus 2019, KPI Pusat mendapati tampilan muatan perseteruan antara Tessa Mariska dengan Nikita Mirzani.

Melanggar Pasal dalam P3SPS KPI

Mulyo Hadi Purnomo menjelaskan tampilan perseteruan, video proses pemeriksaan pria yang menjadi tersangka percobaan perkosaan, dan pembahasan kehidupan pribadi seseorang dinilai melanggar sejumlah pasal dalam P3SPS KPI tahun 2012.

Wakil Ketua KPI Pusat ini meminta stasiun televisi swasta ini menghentikan acara tersebut selama menjalani sanksi. Tidak diperkenankan menyiarkan program siaran dengan format sejenis pada waktu siar yang sama atau waktu lain.

Dengan adanya sanksi ini, diharapkan Mulyo bisa menjadi pembelajaran pihak stasiun TV untuk segera memperbaiki kualitas isi program serta tidak mengulangi kesalahan yang sama.

"Kami pun meminta seluruh lembaga penyiaran untuk memperhatikan hal ini dan menjadikan P3SPS sebagai acuan membuat dan menayangkan sebuah program acara," tutur Mulyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Duel Istimewa Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia

Posted: 08 Oct 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia termasuk jarang menghadapi Uni Emirat Arab (UEA). Selama ini, kedua negara hanya pernah bertemu lima kali. Dua di turnamen Piala Merdeka, dua kali di Asian Games, dan sekali di Piala Asia.

Dari rekor pertemuan kedua tim, tidak ada yang mendominasi. UEA menang tiga kali, dengan dua pertandingan sisanya memihak Timnas Indonesia.

Pertemuan keenam kedua negara bakal terjadi pada partai ketiga Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada Kamis (10/10/2019) di Stadion Al Maktoum.

Saat ini, UEA berada di peringkat kedua Grup G. Tim berjulukan The Falcons mengumpulkan tiga poin hasil dari sekali kemenangan 2-1 atas Malaysia.

Adapun, Timnas Indonesia berada di dasar klasemen. Skuat besutan Simon McMenemy masih nihil poin dari dua pertandingan menyusul kekalahan 2-3 dari Malaysia dan 0-3 dari Thailand.

Bola.com mencoba merangkum tiga pertemuan seru antara UEA dengan Timnas Indonesia:

Timnas Indonesia 5-2 UEA di Piala Merdeka 1981

Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, berusaha mengamankan bola saat melawan Malaysia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pertemuan pertama Timnas Indonesia dengan UEA terjadi pada Piala Merdeka 1981. Ketika itu, Skuat Garuda berhasil berpesta gol 5-2.

Piala Merdeka 1981 diikuti oleh 11 tim dengan dibagi ke dua grup. Meski mampu menang 5-2 atas UEA, Timnas Indonesia gagal lolos ke babak berikutnya.

Timnas Indonesia 2-2 (4-3) UEA di Asian Games 1986

Penyerang Timnas Indonesia, Alberto Goncalves (tengah) mencoba lolos dari kawalan pemain Thailand, Manuel Tom Bihr pada laga Grup G Penyisihan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Indonesia kalah 0-3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Timnas Indonesia bersua UEA pada babak delapan besar Asian Games 1986. Kedua tim bermain 1-1 pada waktu normal setelah gol Ricky Yacobi disamakan oleh Khalil Ghanim.

Pertandingan terpaksa dituntaskan melalui perpanjangan waktu dan UEA berhasil mengembalikkan keadaan menjadi 2-1.

Namun, muka Timnas Indonesia terselamatkan berkat tendangan keras dari Jaya Hartono. Pertandingan berakhir 2-2 dan diselesaikan melalui adu penalti.

Pada babak tos-tosan, Timnas Indonesia secara dramatis menang 3-2 dan melaju ke semifinal. Hanya saja, Skuat Garuda takluk 0-4 dari Korea Selatan pada babak semifinal.

Timnas Indonesia 2-2 (3-4) UEA di Asian Games 2018

Pemain Uni Emirat Arab (UEA) melakukan selebrasi usai membobol gawang Indonesia pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (24/8). Indonesia kalah dari UEA lewat drama adu penalti. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pertarungan seru lainnya yang melibatkan Timnas Indonesia antara UEA berlangsung pada babak 16 besar Asian Games 2019. Kedua tim bermain dengan skuat level usia U-23.

UEA unggul lebih dulu melalui Zayed Al-Ameri pada menit ke-20 via penalti sebelum disamakan oleh Alberto Goncalves pada menit ke-52.

UEA kembali mencetak gol dengan orang yang sama melalui skema yang serupa pula pada menit ke-65. Namun, Timnas Indonesia berhasil memaksa pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu setelah Stefano Lilipaly membuat gol pada menit ke-90+5.

Saat perpanjangan waktu, kedua tim gagal menambah gol. Memasuki babak adu penalti, Timnas Indonesia kalah 3-4 dari UEA.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, published 9/10/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

326 Perusahaan Manufaktur Siap Terapkan Industri 4.0

Posted: 08 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara mengungkapkan pihaknya telah melakukan assessment terhadap 326 perusahaan manufaktur. Dari hasil penilaian tersebut, sejumlah perusahaan sudah siap menuju transformasi industri 4.0.

Adapun perusahaan-perusahaan tersebut merupakan sektor-sektor yang diprioritaskan dalam implementasi tahap awal, sesuai dengan peta jalan Making Indonesia 4.0, yaitu industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian, industri kimia, industri otomotif, serta industri elektronika.

"Alat ukur itu kita namakan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0), yang tujuannya agar kita bisa mengetahui level kesiapan industri yang bisa kita lakukan assessment," kata dia, dalam acara Workshop Pendalaman Kebijakan Industri, di Padang, ditulis Rabu (9/10).

Selain itu, dia mengatakan Kemenperin juga sudah membangun ekosistem industri 4.0 dengan mengembangkan konsep green industry.

"Selanjutnya, kami juga memberikan bimbingan teknis transformasi industri 4.0 baik itu kepada manager maupun engineer perusahaan," ujarnya.

Dia menjelaskan pembentukan ekosistem industri 4.0 atau yang disebut SINDI 4.0 (Ekosistem Indonesia 4.0), Kemenperin berharap SINDI 4.0 dapat menjadi wadah dalam membangun sinergi dan kolaborasi antar pihak untuk mempercepat proses transformasi industri 4.0, koordinasi antar pihak dalam proses tansformasi industri 4.0, serta jejaring dan kerja sama antar pihak dalam akselerasi proses transformasi industri 4.0.

 

Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Pekerja mitra UKM pilot sedang mengikuti program pelatihan dan pendampingan basic mentality dan 5 R oleh instruktur YDBA di Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2019). Pada tahap awal program sektor unggulan tersebut melibatkan 7 UKM di bidang manufaktur. (Liputan6.com/HO/Eko)

Ngakan menambahkan, implementasi Making Indonesia 4.0 guna menyikapi kondisi perekonomian dan industri yang berkembang saat ini. "Apalagi, kita ingin membutuhkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Maka itu, kita perlu memasuki industri 4.0, dan ini telah menjadi agenda nasional," tambahnya.

Penerapan industri 4.0 dinilai mampu mendorong peningkatan produktivitas sektor industri secara lebih efisien. Hal ini karena telah terbangunnya konektivitas melalui pemanfaatan teknologi digital. Misalnya, menggunakan internet of things atau artificial intelligent.

"Bahkan, industri 4.0 akan dapat memunculkan pekerjaan baru yang cukup banyak, seperti teknisi untuk memperbaiki robot dan para tenaga ahli untuk mengolah data-data. Apalagi, sekarang banyak aplikasi yang telah berkembang untuk mendukung dalam proses produksi," tuturnya.

Ngakan pun optimistis, transformasi industri 4.0 akan mendongkrak kinerja sektor manufaktur nasional. Hal ini akan memperkuat peran industri terus menjadi sektor andalan dalam menopang perekonomian Indonesia. "Industri sebagai kontributor terbesar penerimaan negara, seperti melalui setoran pajak," terangnya.

 

Realisasi Pajak

Mau Kerja di Industri Manufaktur? Cek Lowongan Di Sini

Sebagai informasi, pada tahun 2018, realisasi pajak dari sektor industri mencapai Rp363,60 triliun atau menyumbang 30 persen dari total penerimaan pajak sebesar Rp1.316 triliun.

Setoran industri tahun lalu meningkat 11,12 persen dibanding tahun 2017. Selain itu, industri mampu menyumbang penerimaan cukai sebesar Rp159,7 triliun.

Kemenperin juga mencatat, sepanjang Januari-Juni 2019, pengapalan produk manufaktur nasional mampu menembus hingga USD60,16 miliar. Nilai ini berkontribusi sebesar 74,88 persen dari capaian ekspor nasional yang menyentuh angka USD 80,32 miliar di semester pertama tahun ini.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembangkan Sektor Pariwisata, Purwakarta Luncurkan Aplikasi Sipinter Berisi

Posted: 08 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi informasi berkembang pesat. Bagai sebuah etalase, pengusaan teknologi informasi sebuah daerah dapat mempresentasikan salah satu kemajuan sebuah kabupaten atau kota. 

Pemerintah Kabupaten Purwakarta kembali melakukan inovasi dalam teknologi informasi pada pelayanan masyarakat baik aplikasi berbasis website maupun aplikasi berbasis android. Terbaru, Pemkab Purwakarta meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Terintegrasi (Sipinter Berisi). 

"Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat di bidang pariwisata. Hari ini, Pemerintah Kabupaten Purwakarta kembali melakukan sebuah inovasi melalui Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud. Kita launching sebuah aplikasi yang memiliki benefit bagi kemajuan masyarakat di bidang pariwisata," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada agend Sosialisasi dan launching aplikasi Sipinter Berisi, Rabu (9/10)

Menurutnya, aplikasi ini memiliki fungsi pelayanan terhadap wisatawan dan fungsi pelayanan pemerintah terhadap para pengelola usaha pariwisata disatukan dalam sebuah aplikasi berbasis website yang dikoneksikan pada media informasi dan promosi pariwisata.

Perkembangan pariwisata Kabupaten Purwakarta saat ini yang semakin pesat, baik dalam jumlah dan jenis destinasi wisata, kata Anne Ratna harus tetap diimbangi dengan sinergitas antara pemerintah daerah dengan para pelaku usaha pariwisata.

"Kami sangat mendukung atas inovasi yang dilakukan oleh Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud," tuturnya.

Bupati berharap, semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta, wisatawan serta pemerintah daerah sebagai bahan dalam mapping urusan kepariwisataan.

"Sehingga nantinya dapat menentukan langkah kebijakan terbaik dalam hal pengembangan pariwisata Kabupaten Purwakarta," ujarnya.

 

Sosialisasi dan Peluncuran aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Terintegrasi (Sipinter Berisi).

Di tempat yang sama, Kadisporaparbud Kabupaten Purwakarta, Agus Hasan Saefudin mengatakan, pihaknya sengaja membuat aplikasi tersebut guna memudahkan masyarakat. Terutama, bagi mereka yang membutuhkan informasi mengenai kepariwisataan di wilayah kerjanya.

"Semua informasi mengenai kepariwisataan di Purwakarta ada dalam sebuah media yang kami namai Sipinter Berisi," ujar Agus.

Dia menjelaskan, media informasi kepariwisataan berbasis digital ini disimpan di sejumlah hotel dan fasilitas umum. Untuk sementara, baru ada empat unit yang disebar. Salah satunya di Hotel Harper.

"Kami pastikan seluruh hotel dan fasilitas publik yang menjadi pusat keramaian akan dipasang media informasi tersebut. Idealnya, kami pasang di 20 titik," katanya.

Kadis menjelaskan, ada banyak menu pilihan layanan dalam media informasi tersebut. Misalnya, informasi mengenai rumah makan khas, cafe, tempat nongkrong dan lokasi wisata (alam, kuliner dan religi) yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Nantinya, sambung dia, media tersebut bakal menampilkan lokasi yang hendak dituju masyarakat, berikut dengan penunjuk jalannya. Selain itu, dalam media tersebut masyarakat bisa melihat data mengenai jumlah kunjungan wisatawan di masing-masing destinasi.

"Dengan media ini, pelayanan kepariwisataan menjadi lebih praktis," demikian Kadisporaparbud.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suasana Terkini Pantauan Udara Bendung Katulampa

Posted: 08 Oct 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bendung Katulampa sempat mengalami kenaikan debit air sehari setelah hujan turun. Kini kondisi di Katulampa sudah kembali normal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Menteri Basuki Diajak Kulineran Jokowi

Posted: 08 Oct 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kerap mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam kunjungan kerja. Tak hanya untuk bekerja, dia juga kerap bersama Jokowi menikmati kuliner.

"Saya sering ke lapangan apalagi bersama Bapak Presiden. Beliau itu seringnya ngajak kuliner. Beliau itu ngajak kuliner yang khas daerah. Tidak harus di hotel dan di restoran besar, bisa di Palembang itu makan malam di Bang Roy," kata Basuki di Istana Kepresiden, Jakarta Pusat, Selasa 8 Oktober 2019.

Basuki mengatakan, ada kesan selama lima tahun bersama Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

"Kerjanya fokus, semua putusan urusan demokratis, tapi kalau ada masalah putusan tidak harus dengan rapat formal saya bisa misalnya dengan menteri ATR dengan telepon," ungkap Basuki.

Presiden Jokowi kerap mengajak menterinya menikmati kulineran saat menyambangi daerah. Dia sempat makan buah duren bersama Ibu Negara Iriana, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dan Mensesneg Pratikno hingga Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen setelah meresmikan Bendungan Gondang yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Hal itu terlihat pada foto yang diposting akun twitter Kementerian PUPR Kamis 2 Mei 2019.

Ada pula saat kunjungan kerja di Ambon, Presiden Jokowi makan bakso bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Juru Bicara Presiden Johan Budi, dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

Di dalam vlognya yang diunggah Jumat 10 Februari 2017, Presiden Jokowi juga tidak lupa mengingatkan, semua orang Indonesia perlu mencintai dan melestarikan kuliner-kuliner asli Indonesia

Akan Mengajar

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat peresmian pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, Sumatra Barat, Jumat (9/2).  (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Sampai saat ini Basuki mengaku belum dapat mandat kembali untuk masuk jajaran menteri periode Jokowi-Ma'ruf Amin. 

"Jabatan itu perintah untuk saya. Jadi benar-benar ingin jabatan itu amanah dan perintah. Saya enggak tau pun diperintah," kata Basuki.

Dia mengatakan, setelah tidak jadi menteri, Basuki berencana mengajar di salah satu universitas.

"Saya bukan businessman, saya paling ngajar satu," ungkap Basuki.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Layanan Digital Bandara Soetta, AP II Gandeng Astra Digital

Posted: 08 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Astra Digital dan Angkasa Pura II (AP II) secara resmi tandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) untuk menghadirkan layanan serba digital di APSpace, co-working space milik AP II tepatnya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Acara penandatanganan tersebut dihadiri oleh Direktur Astra International Paulus Bambang Widjanarko, Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

"Digitalisasi itu bukan hanya gaya, tapi keharusan. Ini merupakan starting point bagi Indonesia untuk mengenalkan diri sebagai bangsa yang ramah secara digital," ujar Paulus di Tangerang, Rabu (09/10/2019).

Nantinya, akan tersedia tiga layanan berbasis aplikasi di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Cariparkir untuk memesan slot parkir reguler dan parkir inap khusus mobil, lalu Movic untuk penyewaan mobil di terminal 1, 2 dan 3 dan Sejalan untuk memesan tiket bus.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan layanan ini sesuai dengan upaya perseroan untuk membangun koneksi antar elemen dengan digitalisasi.

"Saat ini orang ke bandara bukan hanya mau naik atau turun dari pesawat, tapi melakukan kegiatan lain, seperti meeting. Oleh karena itu, perlu infrastruktur digital yang baik untuk menunjang itu semua," ujar Awaluddin.

 

Jadi Sumber Pendapatan Baru

Bandara Soetta Bakal Operasikan Terminal Berbiaya Murah

Digitalisasi yang dilakukan juga diharapkan menjadi sumber pendapatan baru bagi perseroan.

"Angkasa Pura II tengah fokus mencari sumber pendapatan dari bisnis non-core, salah satunya kami melihat adanya peluang untuk menjadikan area digital sebagai sumber pendapatan yang baru," jelasnya.

Astra Digital dan Angkasa Pura II akan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanannya secara digital kepada seluruh masyarakat. Kemungkinan, Astra Digital akan terus menambah pelayanannya di bandara selain yang disebut di atas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Trik Mendapatkan Foto Instagramable, Simpel dengan Hasil Maksimal

Posted: 08 Oct 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang cukup pesat juga mengakibatkan banyaknya media sosial saat ini. Hal ini pula yang membuat masyarakat sering membagikan foto ataupun video melalui media sosial seperti Instagram. 

Instagram menjadi media sosial yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat termasuk Indonesia. Karena hal ini pula banyak netizen yang berburu foto agar mendapatkan hasil menarik yang bisa dibagikan melalui Instagram. Mulai dari mengunjungi sebuah objek wisata atau saat berkumpul bareng teman dan keluarga.

Tapi, ternyata untuk mendapatkan foto yang Instagramable juga bisa kamu lakukan di taman ataupun sekitar rumah. Dilansir Liputan6.com dari Brightside, Rabu (9/10/2019) seorang fotografer bernama Chriz hernandez dari Florida berbagi mengenai trik foto Instagramable yang sederhana.

Berikut ini beberapa trik foto agar mendapatkan hasil Instagramable yang bisa kamu contoh.

1. Kamu bisa memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar rumah loh.

Trik Foto Instagramable (sumber: Brightside)

2. Minimnya pencahayaan juga bisa dimanfaatkan untuk mendapat hasil yang menarik.

Trik Foto Instagramable (sumber: Brightside)

3. Bahkan, kamu bisa mendapatkan foto instagramable seperti gambar ini di rumah.

Trik Foto Instagramable (sumber: Brightside)

4. Tak perlu jauh berkunjung ke tempat wisata atau luar negeri. Kamu bisa melakukan pemotreta di taman kota juga.

Trik Foto Instagramable (sumber: Brightside)

5. Properti yang digunakan pada foto ini juga tidak banyak, hanya reflektor, kursi serta beberapa lembar kertas tak terpakai.

Trik Foto Instagramable (sumber: Brightside)

6. Bahkan, kamu bisa mendapatkan foto menawan ini dengan berfoto di pinggir jalan.

Trik Foto Instagramable (sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Usai Hujan Deras, Sampah Kayu Menumpuk di Pintu Air Manggarai

Posted: 08 Oct 2019 09:08 PM PDT

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sampah tersebut merupakan kiriman dari Bogor usai diguyur hujan deras tadi malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sampah tersebut merupakan kiriman dari Bogor usai diguyur hujan deras tadi malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sekitar 80 ton sampah diangkut menggunakan alat berat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sekitar 80 ton sampah diangkut menggunakan alat berat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sampah tersebut merupakan kiriman dari Bogor usai diguyur hujan deras tadi malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sampah tersebut merupakan kiriman dari Bogor usai diguyur hujan deras tadi malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tumpukan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sekitar 80 ton sampah diangkut menggunakan alat berat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tumpukan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sekitar 80 ton sampah diangkut menggunakan alat berat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tumpukan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sampah tersebut merupakan kiriman dari Bogor usai diguyur hujan deras tadi malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tumpukan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sampah tersebut merupakan kiriman dari Bogor usai diguyur hujan deras tadi malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sekitar 80 ton sampah diangkut menggunakan alat berat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sekitar 80 ton sampah diangkut menggunakan alat berat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sampah tersebut merupakan kiriman dari Bogor usai diguyur hujan deras tadi malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sampah tersebut merupakan kiriman dari Bogor usai diguyur hujan deras tadi malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gresik Gandeng BKSDA Bongkar Dua Kasus Perdagangan Burung Langka

Posted: 08 Oct 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Reskrim Unit Pidek Kepolisian Resor Gresik, Jawa Timur (Jatim) bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengungkap kasus perdagangan satwa langka jenis burung.

Tim gabungan itu mengamankan sebanyak 13 ekor burung langka dilindungi yang diperjualbelikan di pasar illegal wilayah setempat. Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, sebanyak 13 burung langka yang diamankan itu masing-masing lima ekor burung merka hijau, ekonomi burung takur api, dan dua ekor burung tangkar uli Sumatera.

"Pengungkapan tindak pidana ini adalah bagian dari upaya kami untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup," ujar dia dilansir Antara, ditulis Rabu (9/10/2019).

Ia menuturkan, pengungkapan kasus perdagangan satwa langka ini bekerja sama dengan BKSDA. Pengungkapan ini dilakukan pada dua kasus.

Kasus pertama, tersangka bernama Dani Agus Saputro, pria asal Desa Golokan Kecamatan Sidayu yang kedapatan memelihara lima ekor burung merak hijau tanpa izin. Kemudian polisi masih memburu pria berinisial (D) yang diduga menyuruh dua pegawainya H dan F mengirim satwa langka dari Sumatera menuju Gresik.

"Kedua pegawai berstatus menjadi saksi, dan masih kami kejar pelakunya. Ungkap kasus ini dilatarbelakangi makin langkanya populasi merak hijau karena perburuan liar," tutur dia.

Kusworo menuturkan, habitat merak hijau kini tinggal sekitar 800 ekor dan pemerintah telah menetapkan burung tersebut sebagai satwa dilindungi sesuai dengan Permen LHK nomor P.106/MENLHK/Sekjen/Kum.1/12/3018.

"Satwa yang kami amankan adalah hewan yang hampir punah dan dilindungi. Maka siapa pun tidak boleh memelihara atau memperjual belikan tanpa seizin pihak terkait," kata dia.

Hampir Punah

Ilustrasi burung beo (iStock)

Kepala BKSDA Wil II, RM Wiwied Widodo menuturkan, hewan satwa yang diamankan adalah hewan yang hampir punah dan dilindungi, dan di pasar burung merak hijau harganya mencapai Rp 25 juta per ekor. Burung tangkar uli sekitar Rp 1,5 juta per ekor dan burung takur api kisaran harga Rp 1 juta per ekor.

Semua burung yang diamankan merupakan satwa langka yang dilindungi Pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 ayat (2) huruf a UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Sementara itu, atas perbuatan tersangka pelaku terancam dijerat pasal 40 ayat 2 junto pasal 21 ayat 2 (a) UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dengan hukuman paling lama lima tahun penjara dan dengan denda paling banyak Rp 100 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Depok - Antasari Ambruk, 6 Pekerja Luka-Luka

Posted: 08 Oct 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan kerja terjadi dalam proyek Tol Depok-Antasari (Tol Desari) di kawasan Krukut, Depok, Jawa Barat.

Namun disayangkan, adanya arogansi petugas keamanan proyek yang mengintimidasi wartawan saat hendak meliput kejadian. Bahkan petugas keamanan sempat berbohong dengan mengatakan tidak ada insiden.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (9/10/2019), petugas keamanan dari pihak pengembang proyek terus melarang wartawan dan membantah adanya kecelakaan kerja yang terjadi di proyek mereka.

Bahkan terkesan mereka berupaya menutupi ambruknya terowongan tol yang melukai enam pekerja proyek.

Tidak hanya berbohong, petugas keamanan juga mengintimidasi dan coba mengusir sejumlah wartawan yang ada. Aksi arogan petugas membuat suasana sempat memanas. Terlebih, adanya seorang wartawan perempuan yang didorong oleh seorang petugas keamanan.  

Untungnya kericuhan berhasil diredam ketika polisi dari Polresta Depok akhirnya tiba di lokasi. Saat ditelusuri ternyata di sisi lain pekerjaan tol girder terowongan tol ambruk.  

Enam pekerja yang luka akibat ambruknya Tol Desari dilarikan ke Rumah Sakit Bakti Yudha, Pancoran Mas, Depok. Mereka luka di bagian tangan, kaki, dan wajah. Setelah diberikan pengobatan mereka pun akhirnya diperbolehkan pulang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potongan Rambut Baru Tom Holland Bikin Para Penggemar Menangis

Posted: 08 Oct 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Publik seperti belum ingin melepaskan pandangan dari Tom Holland. Setelah drama Spider-Man yang dioper sana-sini, aktor 23 tahun tersebut kembali membuat jeritan warga dunia maya tak terbendung lewat penampakan rambut barunya.

Lewat sebuah video yang kemudian di-capture salah seorang pengguna Twitter, rambut Tom yang secara tekstur sangat dikagumi banyak orang itu dipotong habis. Ya, gaya rambut plontos sang aktor membuat 'nuansa duka' sungguh terasa.

"Tom Holland tak punya rambut. Tidak!" tulis pengunggah foto hasil capture-an tersebut. "Saya menangis sekarang," komentar warganet. "Kita berkumpul hari ini untuk mengenang gaya rambut menawan Tom Holland. Hilang, tapi tak terlupakan. Berisitrahatlah dengan tenang," sambung yang lain.

Gaya rambut barunya membuat Tom Holland disebut mirip Eminem. (dok. Twitter)

Beberapa di antaranya bahkan menganggap gaya rambut barunya membuat Tom mirip dengan rapper Eminem. "Saya tak percaya dengan apa yang saya lihat," komentar warganet menyertakan foto kedua pesohor tersebut.

Kebanyakan dari mereka terbuka mengungkap sangat menyayangkan Tom Holland mengubah gaya rambut jadi plontos. "Saya akan sangat merindukannya (gaya rambut lama Tom)," ungkap pengguna Twitter lainnya.

Mengapa Dipangkas Habis?

Gaya rambut plontos Tom Holland. (dok. Twitter @mcuharrier)

Melansir dari People, Rabu (9/10/2019), Tom Holland baru saja memulai syuting film Cherry. Alur cerita yang merupakan pengalaman pribadi sang penulis ini adalah tentang tentara medis yang kembali dari Irak.

Sekembalinya, ia malah terjebak dalam ketergantungan obat. Lalu, mulai merampok bank karena desakan kebutuhan membeli barang terlarang tersebut.

Karenanya, harapan rambut Tom akan kembali seperti sedia kala tetap ada setelah sang aktor selesai syuting film tersebut.

Tom sendiri mengungkap gaya rambut barunya beberapa hari setelah Sony Pictures mengumumkan film ketiga Spider-Man akan diproduseri Disney's Marvel Studios.  Film ini bakal mejeng di bioskop pada 2021 dengan Presiden Marvel Kevin Feige sebagai produser.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berniat Ganti Pelek Toyota Avanza, Perhatikan Hal Ini

Posted: 08 Oct 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat melakukan modifikasi kendaraan, hal yang cukup mudah adalah dengan mengganti pelek. Hanya dengan mengubah versi standar dengan aftermarket atau yang sesuai dengan keinginan, maka tampilan mobil kesayangan akan berubah.

Namun saat akan mengganti pelek, tetap ada aturan mainnya. Contoh ketika pemilik Toyota Avanza ingin mengganti pelek standar, tidak boleh asal main pilih model yang disuka, tapi harus memperhitungkan beberapa aspek.

"Hitung-hitunganya itu memang sulit, karena kalau kita bicara tidak standar otomatis akan ada yang dikorbankan," ujar Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, seperti dilansir laman resmi Auto2000, Selasa (8/10/2019).

Saat mengganti pelek ini, pasti kenyamanan akan berkurang. Namun jika berbicara tampilan atau estetika pasti akan lebih menarik. Sebelum mengganti pelek baiknya pemilik Toyota Avanza memikirkan baik-baik lebih dulu soal untung ruginya. Jangan sampai ingin mengejar tampilan tapi kenyamanan dikorbankan.

Apalagi mengingat status Avanza sendiri merupakan mobil keluarga yang notabene-nya mementingkan kenyamanan bagi penumpang atau keluarga. Tapi bila ingin tetap mengganti, baiknya diperhitungkan soal dimensinya. Jangan nekat memasang pelek dengan dimensi terlalu tinggi dari standar bawaan pabrik, karena otomatis akan banyak perubahan yang terjadi.

Naik Satu atau Dua Step

Misal pelek bawaan standar Avanza ukurannya 15 inci, baiknya dinaikkan satu step di atasnya menjadi 16 inci. Atau maksimal sampai 17 inci. Sedangkan yang 14 inci mentok di 16 inci.

"Jadi naik satu atau dua inci masih aman, tapi ingat jangan cuma pelek saja yang diganti, ban juga harus ikut diganti. Paling penting lagi, agar tetap nyaman dikendarai shockbreaker juga harus ikutan diganti, jadi gayanya dapat, kenyamanan juga tidak berkurang," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kocak, Warganet Banyumas Bandingkan Hari Tanpa Bayangan dengan Bayang-Bayang Mantan

Posted: 08 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Sebanyak 35 kabupaten kota di Jawa Tengah, termasuk Banyumas dan Cilacap bakal mengalami hari tanpa bayangan, antara 10-13 Oktober mendatang.

Wilayah paling cepat mengalami hari tanpa bayangan di Jawa Tengah adalah Jepara. Sebuah wilayah di sisi utara timur Jawa Tengah. Di Jepara, hari tanpa bayangan terjadi pada Kamis, 10 Oktober, pukul 11:24:29 WIB.

Kebalikan wilayah Jepara yang berada di sisi utara timur Jawa Tengah yang menjadi wilayah yang mengalami hari tanpa bayangan tercepat, Kabupaten Cilacap menjadi wilayah terakhir Jawa Tengah yang mengalami fenomena ini, yakni pada Minggu, 13 Oktober 2019, pukul 11:30: 20 WIB.

Berita mengenai hari tanpa bayangan pun lantas beredar di dunia maya. Di Facebook, misalnya, banyak warganet Banyumas yang membagikan berita mengenai peristiwa yang sebenarnya rutin terjadi tiap tahun ini.

Di Grup Facebook Banyumas dalam info, misalnya, seorang pengguna Facebook dengan akun bernama Waluyo Yulianto Sutarno mengunggah sebuah tangkapan layar bersumber dari berita hari tanpa bayangan Liputan6.com.

Dia juga menyelipkan tautan berita tersebut. Dan ia, sama sekali tak menambah keterangan dari unggahannya itu. Sepertinya akun Waluyo hanya ingin berbagi informasi fenomena langka ini.

Tanpa dinyana, unggahannya memantik perhatian warganet. Lebih dari 400 pengguna Facebook menanggapi unggahannya. Unggahan berita fenomena hari tanpa bayangan Banyumas dan Cilacap itu juga banjir komentar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Warganet: Bayang-Bayang Mantan

Gerbang timur kota Cilacap, Jawa Tengah. Hari tanpa bayangan Cilacap bakal terjadi pada Minggu, 13 Oktober 2019, pukul 11.30.20 WIB. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Fenomena hari tanpa bayangan itu mendapat respon beragam. Bukan warganet namanya jika tak menanggapi dengan kocak sebuah unggahan. Beberapa komentar lainnya menggelitik.

Kata 'Bayangan' dalam hari tanpa bayangan rupanya benar-benar diresapi oleh warganet. Banyak yang lantas membandingkan hari tanpa bayangan Banyumas dengan bayang-bayang mantan.

"Anane bayangan sang mantan," tulis akun Jigol Doang.

Komentar akun ini lantas disambar pengguna Facebook lainnya, Dewa Dewi. "Emang bner terbayang2 di wajahmu yng imut," tulis Dewa Dewi.

Komentar lain tak kalah kocak soal bayangan mantan juga ditulis oleh akun Ardika Faligh Nurrohman. "Hari tanpa bayangan mantan kapan ya," tulis dia, barang kali komentarnya mewakili perasaannya saat itu.

Di luar komentar kocak nan menggelitik, ada pula komentar yang pendek namun memvonis. "Hoax" tulis Aggy Tri Fanny Alamsyah. Mungkin saja, akun ini tak membaca artikel di Liputan6.com, dan malah sibuk membaca komentar di Facebook.

Nah, untuk menghindari sesat pikir hari tanpa bayangan, keterangan dari Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap, Taruna Mona Rachman ini bisa menjadi pencerahan. Bahwa hari tanpa bayangan itu ilmiah dan fenomena alam biasa.

Mona menjelaskan, sebenarnya, hari tanpa bayangan rutin terjadi dua kali tiap tahun di Indonesia. Hanya saja, fenomena ini selalu menarik saat terjadi pada kemarau.

 

Penjelasan Hari Tanpa Bayangan

Gunung Slamet dilihat dari pesisir selatan Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Pada kemarau, tutupan awan minim sehingga mempermudah pengamatan. Dan hari tanpa bayangan, bakal terjadi secara beruntun, di Jawa Tengah, termasuk di kawasan Banyumas Raya.

Mona menerangkan, kulminasi atau transit atau istiwa' adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama.

Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang". Karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

"Karena itu, hari saat terjadinya kulminasi utama, dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," kata Mona, Senin, 7 Oktober 2019.

Di Jawa Tengah, 35 kabupaten atau kota bakal mengalami hari tanpa bayangan, mulai 10 Oktober 2019. Ini terjadi baik wilayah yang berada di sisi utara, maupun sisi selatan Jawa Tengah.

Secara bertahap, semua wilayah bakal mengalami hari tanpa bayangan. Semarang, misalnya, bakal mengalami hari tanpa bayangan pada Jumat, 11 Oktober 2019, pukul 11:25:06 WIB.

Gerak semu matahari akan terus terjadi dan menyebabkan wilayah di sisi selatan bakal mengalami hari tanpa bayangan di hari berbeda. Di Banjarnegara, hari tanpa bayangan akan terjadi pada Sabtu, 12 Oktober 2019.

 

Waktu Hari Tanpa Bayangan Banyumas dan Cilacap

Ilustrasi – Panorama Gunung Slamet dilihat dari Karanglewas, Banyumas. Hari tanpa bayangan Banyumas bakal terjadi pada Sabtu, 12 Oktober 2019. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Pada hari yang sama, Banyumas dan Purbalingga juga akan mengalami hari tanpa bayangan. Di Purbalingga, hari tanpa bayangan terjadi pukul 11:29:10 WIB. Selanjutnya, hari tanpa bayangan Banyumas terjadi pukul 11.29 WIB.

Kebalikan wilayah Jepara yang berada di sisi utara timur Jawa Tengah yang menjadi wilayah yang mengalami hari tanpa bayangan tercepat, Kabupaten Cilacap menjadi wilayah terakhir Jawa Tengah yang mengalami fenomena ini.

Hari tanpa bayangan Cilacap bakal terjadi pada Minggu, 13 Oktober 2019, pukul 11:30:20 WIB. Beberapa saat sebelumnya, fenomena serupa secara berurutan juga terjadi di Purworejo dan Kebumen, wilayah yang berada di garis lurus.

Mona mengemukakan, tak ada yang aneh dengan hari tanpa bayangan. Penyebab hari tanpa bayangan karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi.

Karenanya, posisi matahari dari bumi akan terlihat berubah terus sepanjang tahun antara 23,5 derajat LU sampai dengan 23,5 derajat LS. Hal ini disebut sebagai gerak semu harian matahari.

Pada tahun ini, matahari tepat berada di khatulistiwa pada 21 Maret 2019 pukul 05.00 WIB dan 23 September 2019 pukul 14.51 WIB. Adapun pada 21 Juni 2019 pukul 22.55 WIB matahari berada di titik balik Utara (23,5 derajat LU) dan pada 22 Desember 2018 pukul 11.21WIB matahari berada di titik balik selatan (23,5 derajat LS).

"Mengingat posisi Indonesia yang berada di sekitar ekuator, kulminasi utama di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat matahari berada di khatulistiwa," dia menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Instagram Basmi Hacker yang Ambil Alih Akun Pengguna

Posted: 08 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna Instagram kerap mengeluhkan akun mereka telah diretas dan diambil alih oleh pihak lain.

Hal ini bisa terjadi dalam beberapa cara. Salah satunya adalah melalui metode phishing lewat e-mail.

Rupanya, korban mendapatkan e-mail dari pihak yang mengaku sebagai Instagram, mengirimkan tautan berisi kesempatan mendapat hadiah.

Karena korban merasa tergoda, mereka mengklik tautan tersebut dan diam-diam login detail milik pengguna dikuasai oleh peretas.

Padahal jika bicara perusahaan teknologi, tidak ada satu pun perusahaan yang akan memberikan informasi giveaway melalui e-mail.

Nah, kini Instagram telah menghadirkan cara untuk mengatasi masalah phishing tersebut.

Daftar Email Resmi Instagram

Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (9/10/2019), sebagai bagian dari fitur keamanan Instagram, mereka akan mengirim alamat e-mail resmi dari Instagram.

Artinya, jika pengguna mendapatkan e-mail dari pihak yang mengaku sebagai Instagram, pengguna bisa mengecek daftar e-mail di atas untuk memastikan itu benar-benar dari Instagram.

Daftar e-mail resmi Instagram ini bisa menjadi alternatif jika pengguna mendapatkan e-mail dari pihak yang mengaku sebagai Instagram.

Di samping itu, ada juga cara lain yang memungkinkan pengguna memastikan akun Instagram mereka aman.

Caranya menggunakan password yang lebih rumit dan mengaktifkan two-factor authentication.

(Tin/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenaikan Cukai Ancam Keberlangsungan Industri Rokok

Posted: 08 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pemerintah menaikkan cukai sebesar 23 persen, dan Harga Jual Eceran (HJE) sebesar 35 persen mendapatkan tanggapan dari Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) bidang Ketenagakerjaan dan Migran, Dita Indah Sari.

Menurut Dita, kenaikan tersebut dinilai terlalu tinggi dan bisa mengancam keberlangsungan industri tembakau serta pengolahannya. Bahkan, kenaikan cukai tersebut dalam 10 tahun terakhir paling tinggi. Pihaknya meminta kenaikan cukai hendaknya bersifat moderat.

"Kenaikan tarif cukai dan HJE hendaknya bersifat moderat, dengan menggunakan inflasi dan pertumbuhan ekonomi sebagai acuan. Kenaikan hendaknya tidak lebih dari 15 persen," kata Dita dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Dita mengingatkan efek domino jika pemerintah menaikkan cukai yang bisa merugikan buruh pabrik rokok dan petani tembakau di seluruh Indonesia.

Pengurangan jumlah tenaga kerja, katanya bisa mengancam jutaan jiwa. Merujuk data resmi, sedikitnya ada 150 ribu buruh, 60 ribu karyawan, 2,3 juta petani tembakau dan 1,6 juta petani cengkeh, 2,9 juta pedagang eceran, yang hingga kini masih menggantungkan hidupnya dari industri hasil tembakau.

"Pabrik rokok akan mengurangi tenaga kerja dan akan mengurangi pembelian tembakau dari petani, akibatnya (tembakau) petani tidak laku. Atau kalaupun laku, harganya buruk," imbuh Dita.

Dita menambahkan, pada 2012 terdapat 1.000 pabrik rokok yang beroperasi. Namun, akibat tekanan kenaikan cukai dan kampanye anti rokok, kini jumlah pabrik berkurang signifikan hingga tinggal tersisa 456 saja di 2018.

Kontribusi Industri Rokok

Sejumlah batang rokok ilegal diperlihatkan petugas saat rilis rokok ilegal di Kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Harus diakui, industri hasil tembakau (IHT) menjadi salah satu sektor manufaktur nasional yang strategis dan memiliki keterkaitan luas mulai dari hulu hingga hilir.

Selain itu, lanjut Dita, berkontribusi besar dan berdampak luas terhadap aspek sosial, ekonomi, maupun pembangunan bangsa Indonesia selama ini.

"IHT merupakan bagian sejarah bangsa dan budaya  Indonesia, khususnya rokok kretek. Pasalnya, merupakan produk berbasis tembakau dan cengkeh  yang menjadi warisan inovasi nenek moyang dan sudah mengakar secara turun temurun," ujar Dita.

Data Kementerian Perindustrian mencatat, total tenaga kerja yang diserap oleh sektor industri rokok sebanyak 5,98  juta  orang, terdiri dari 4,28  juta  adalah  pekerja  disektor  manufaktur dan distribusi, serta sisanya 1,7 juta bekerja di sektor perkebunan.

Pada tahun 2018, nilai ekspor  rokok dan cerutu mencapai  USD931,6   juta atau meningkat 2,98 persen dibanding 2017 sebesar USD 904,7 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Hindari Pola Hidup Tidak Sehat

Posted: 08 Oct 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menstruasi tidak teratur merupakan kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat atau lebih cepat. Ada beberapa faktor penyebab menstruasi tidak teratur. Dalam banyak kasus, siklus menstruasi yang tidak teratur berkaitan dengan keridakseimbangan hormon dalam tubuh.

Siklus menstruasi umumnya dihitung dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi berikutnya. Normalnya, siklus menstruasi berlangsung setiap 21-35 hari, dengan durasi selama 3-7 hari dan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20060 ml/hari.

Namun, apabila siklus menstruasi terjadi di luar batas-batas wajar tersebut secara berulang, berartu telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi. Untuk itu, kamu perlu mencurigai apa penyebab menstruasi tidak teratur. Selanjutnya kamu perlu melakukan evalusi lebih lanjut terhadap kondisi tersebut.

Siklus menstruasi tidak teratur bisa membuat kamu sulit untuk hamil dan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab menstruari tidak teratur pada perempuan. Hal ini untuk memudahkan penanganan atau pengobatan menstruasi tidak teratur tersebut.

Berikut ada beberapa penyebab menstruasi tidak teratur yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/10/2019). Jangan dianggap sepele. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur: Berat Badan Berubah hingga Stres

Telat Haid

Perubahan Berat Badan yang Drastis

Penyebab menstruasi tidak teratur yang pertama adalah perubahan berat badan yang drastis. Berat badan yang naik maupun turun secara drastis dalam waktu singkat dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi.

Kondisi ini biasanya berkaitan dengan gangguan makan seperti anoreksia, bumilia, binge-eating, atau penyebab perubahan berat badan drastis lainnya seperti kanker.

Stres

Stres kronis atau bahkan hanya kegelisahan jangka pendek juga dapat mendatangkan masalah pada kesimbangan hormon di tubuh. Stres memengaruhi kinerja otak dalam mengontrol produksi hormon-hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan kesuburan.

Hal inilah yang menjadi penyebab menstruari tidak teratur. Apabila menstruasi tidak teratur yang disbebabkan karena stres, disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus menstruasi kembali lancar.

Menstruasi Tidak Teratur: Aktivitas Tinggi hingga Merokok

Olahraga Berat (Foto: Istockphoto)

Aktivitas yang Tinggi

Apabila kamu setiap harinya melakukan aktivitas fisik berat seperti atlet, maka tak jarang mengalami gangguan siklus menstruasi. Hal ini dikarenakan kamu sedang berada dalam fase kelelahan.

Selain itu, diet atau olahraga yang berlebihan hingga menyebabkan berat kamu turun secara drastis juga dapat menjadi penyebab menstruasi tidak teratur. Begitu juga dengan berat badan yang berlebih atau obesitas.

Merokok

Merokok juga merupakan salah satu penyebab menstruasi tidak teratur. Hal ini dikarenakan zat-zat yang ada di dalam rokok seperti nikotin dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesterone yang berperan dalam siklus mentsruasi.

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur: Konsumsi Obat hingga PCOS

Mengonsumsi Obat-obatan (iStockphoto)

PCOS

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS merupakan kondisi di mana terdapat kista di ovarium yang mengganggu proses ovulasi data menstruasi. Perempuan dengan PCOS biasanya memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur. Selain menyebabkan kemandulan, PCOS dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Sebagai sebuah sindrom, PCOS merupakan kelompok dari berbagai gejala yang memengaruhi ovarium dan ovulasi dengan tiga tanda utama, yaitu kista pada ovarium, kadar tinggi hormon androgen, dan siklus menstruasi yang tidak teratur, bahkan hilang.

Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Terdapat beberapa obay yang bisa memengaruhi siklus menstruasi. Misalnya saja adalah terapi pengganti hormon, pengencer darah, obat-obatan tiroid, epilepsi, antidepresan, bahkan ibuprofen.

Apabila kamu memiliki obat-obatan yang haru dikonsumsi secara rutin yang ternyata mengganggu siklus menstruasi, maka perlu mengkonsultasikannya dengan dokter. Hindari untuk menghentikan konsumsi obat sendiri tanpa pengarahan dari dokter.

Gejala Menstruasi Tidak Teratur yang Mudah Dikenali

haid tak teratur/copyright: shutterstock

Ketika menstruasi pertama kali dimulai, dibutuhkan hingga 2 tahun untuk membentuk siklus reguler. Setelah pubertas, sebagian besar menstruasi pada perempuan akan berlangsung teratur.

Namun, bagi sebagian perempuan, sikulus dan jumlah darah menstruasi yang ditumpahkan sangat bervariasi. Ini dikenal sebagai mesntruasi yang tidak teratur. Gejala menstruasi tidak teratur ketika siklus menstruasi terjadi lebih dari 38 hari atau jika panjanganya bervariasi. Apabila ada perubahan aliran darah atau jika gumpalan tampak berdiameter lebih dari 2,5 cm, ini juga dianggap menstruasi tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur sebenarnya normal untuk perempuan remaja dan wanita perimenopause. Penyebab menstruasi tidak teratur pada remaja mungkin akan berlangsung selama beberapa tahun pertama sebelum menjadi lebih teratur.

Namun untuk wanita yang menuju menopause, selama transisi menuju menopause, yang disebut perimenopause, siklus haid dapat menjadi lebih tidak teratur dari waktu ke waktu. Gejala menstruasi tidak teratur dapat meliputi:

- Sikulus antara setiap periode mulai berubah

- Kehilangan lebih banyak atau justru memngeluarkan lebih sedikit darah selama periode dari biasanya.

- Jumlah hari yang haid Anda berakhir sangat bervariasi (tidak tetap).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

michelle mengatakan...

ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q