Selasa, 09 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Suka Berpetualang? Yuk, Jelajahi Keindahan Alam Bukit Kelam di Borneo

Posted: 09 Jul 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakartasetinggi 1.002 mdpl. Lebih tinggi dari Ayery Rock di Australia Kelam Tourism Festival 2019 menjadi sajian memukau yang layak dijadikan atraksi wisata nasional. Ragam atraksinya banyak. Bahkan, bisa dibilang lengkap. Namun bukan hanya itu saja. Keindahan Tanah Borneo menjadi bonus tersendiri bagi wisatawan yang datang di acara yang digelar 8-14 Juli itu. Apalagi acara ini digelar di Bukit Kelam Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Bagi yang belum tahu, Bukit Kelam bukanlah sebuah bukit biasa. Ia adalah sebuah batu raksasa setinggi 1.002 mdpl. Lebih tinggi dari Ayery Rock di Australia yang memiliki ketinggian 863 mdpl. Sebuah batu monolit atau batu tunggal raksasa yang menantang untuk ditaklukan.

"Kelam Tourism Festival 2019 memang dirancang untuk mengangkat potensi dari Bukit Kelam. Keindahannya dijamin mampu membuat kagum wisatawan yang datang," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Senin (8/7).

Menurut Rizki, Bukit ini menawarkan sensasi petualangan yang tak berkesudahan. Bukit ini terletak di antara dua sungai besar, yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Dimana bukit ini memiliki kemiringan hanya 15 hingga 40 derajat. Hal ini membuatnya relatif lebih mudah untuk didaki oleh wisatawan. Biasanya, waktu yang ditempuh untuk mendaki bukit ini sekitar 4 jam perjalanan. Tapi ada alternatif lain. Pihak pengelola menyediakan tangga untuk sampai ke puncak.

 

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani

"Tangga tersebut memiliki kemiringan 90 derajat. Meski jarak tempuhnya menjadi lebih cepat dibandingkan jalur normal yakni hanya 2 jam, mungkin adrenalin akan lebih terpacu saat menggunakan tangga ini," kata Rizki.

Bukan cuma keberadaannya saja yang menakjubkan. Bukit Kelam juga menjadi tempat hidup beragam flora fauna langka. Salah satunya tanaman kantung semar. Tak tanggung-tanggung, Bukit Kelam memiliki tanaman kantung semar dari 14 spesies berbeda. Terdapat pula anggrek hitam dan jenis angkrek-angkrek lainnya.

Sementara untuk fauna, Bukit Kelam menjadi tempat hidup bagi beruang madu, armadilo dan berbagai macam jenis burung. Salah satunya burung walet yang tinggal di beberapa gua di kawasan Bukit Kelam.

Soal pemandangan sudah pasti keren. Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Adella Raung, pemandangan indah disuguhkan Bukit Kelam bahkan sebelum sampai ke puncak. Hutan tropis khas Kalimantan akan menjadi pemandangan pertama. Bukan hanya itu saja di sana juga terdapat air terjun serta gua-gua raksasa yang bisa dikunjungi bagi pencinta adventure.

"Apalagi jika wisatawan melakukan camping di Bukit Kelam. Nuansanya keren banget. Wisatawan disuguhkan pemandangan langit yang menakjubkan ketika malam tiba. Panorama sunrise-nya pun juara. Dijamin akan membuat betah," kata Adella.

Terpisah, Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono pun ikut angkat suara. Menurutnya masih sangat sedikit wisatawan yang mengetahui keindahan Bukit Kelam. Karena itu dibutuhkan peran aktif dari semua pihak untuk mengangkat destinasi tersebut.

Apalagi akses ke Bukit Kelam cukup mudah. Wisatawan bisa menempuhnya menggunakan pesawat dari Kota Pontianak ke Kota Sintang. Tapi jika ingin menikmati keindahan alam Kalimantan, wisatawan dapat memilih memakai jalur darat menggunakan mobil atau bus sekitar 6 jam.

"Karena itu Kemenpar mendukung penuh perhelatan Kelam Tourism Festival 2019. Destinasi ini sangat memenuhu syarat sebagai destinasi unggulan Kalbar," ujar Sapto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun seirama. Atraksi wisata terbukti efektif mempromosikan berbagai destinasi di Indonesia. Seperti halnya Bukit Kelam. Keunikan dan keistimewaan Bukit Kelam masih kalah bersaing dengan Negara tetangga, Australia. Bukit ini belum dikenal secara maksimal. Masih belum banyak orang mengetahui dan sadar akan potensi yang dimiliki bukit batu raksasa ini.

"Experience yang ditawarkan Bukit Kelam ini luar biasa. Apalagi ditambah dengan kuatannya budayanya. Selainnitua ada banyak spot lain yang tak kalah menariknya di seantero Kalbar. Silahkan kunjungi dan buktikan sendiri eksotisme Borneo," pungkas Menpar Arief.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama di Indonesia, Umrah Bisa Lewat Reksadana di Bareksa

Posted: 09 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bareksa Portal Investasi pada hari ini meluncurkan Bareksa Umroh. Platform Bareksa Umroh menawarkan layanan rencana simpanan di reksa dana syariah untuk membiayai perjalanan ibadah umrah.

Chief Sales & Marketing Bareksa, Rani Sumarni mengatakan, Bareksa Umroh adalah inovasi pertama di Indonesia untuk menabung online reksa dana dengan diintegrasikan tujuan menjalankan ibadah umrah.

 

Menurut Sumarni, keuntungan yang diperoleh lewat konsumen lewat layanan ini ialah aman, halal, online, terpercaya dan terpadu.

"Kami ingin mengedukasi bahwa reksa dana itu dapat digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek hingga jangka panjang, termasuk tujuan spesifik seperti pergi umrah," tuturnya Rabu (10/7/2019).

Lewat layanan ini, Bareksa bekerja sama dengan mitra biro perjalanan umrah dan haji yang telah memiliki reputasi dan pengalaman di bidangnya. Mitra travel agent pertama Bareksa Umroh adalah Al-Qadri Umrah & Haji yang telah berpengalaman mengelola perjalanan ibadah haji khusus dan umrah sejak tahun 1976.

 

Edukasi Bagi Para Jamaah Umrah

Petugas Haji melaksanakan Umroh sebelum siap melayani jemaah haji 1440H/2019M. Liputan6.com/Nurmayanti

Direktur Pengembangan Bisnis Al-Qadri Umrah & Haji, Ahmad Fadjrie, menjelaskan, Al-Qadri berkomitmen untuk selalu membantu dan mendampingi jemaah dengan profesional dan amanah.

"Kami menyajikan paket haji khusus, umrah dan wisata muslim dengan kualitas pelayanan terbaik, profesional dan amanah," terangnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Umrah dan Haji Kementerian Agama, Arfi Hatim menyambut positif peluncuran platform Bareksa Umroh karena diharapkan bisa membantu mengedukasi para jemaah agar tidak menjadi korban penipuan.

Selain itu, memastikan layanan yang diberikan kepada jemaah terjamin mulai dari keberangkatan hingga pulang kembali ke Tanah Air.

"Yang menjadi perhatian pemerintah adalah calon jemaah dan jemaah dapat terlindungi dengan baik selama perjalanan dan dalam melakukan ibadah umrah. Mereka juga mendapatkan kemudahan dan kualitas pelayanan terbaik dalam perjalanan sehingga dapat menunaikan ibadah dengan khusuk," kata dia.

Sebagai informasi, Reksa dana adalah produk investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu, reksa dana bisa dijadikan alternatif menabung untuk tujuan umrah yang aman, dan menghindarkan para calon jemaah dari berbagai kemungkinan kasus penipuan investasi hingga kegagalan berangkat karena manajemen yang tidak baik.

Perluas Pasar Reksa Dana, Manulife Aset Gandeng Bareksa

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia bekerjasama dengan PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa). (liputan6.com/Maulandy)

Memanfaatkan perkembangan pasar digital yang semakin pesat, PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menjalin kerja sama dengan PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa). Ikatan kemitraan tersebut dimaksudkan untuk memasarkan produk reksa dana MAMI di situs Bareksa.com.

Presiden Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro mengatakan, pihaknya hendak memberikan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat ke produk reksa dana yang dikelola MAMI. 

"Kita senang sekali bisa bekerja sama dengan Bareksa. Kemitraan ini merupakan sebuah kolaborasi yang efektif antara dua institusi," ujar Legowo di Sampoerna Strategic Square North Tower, Kamis (21/12/2017).

"Dalam kerja sama ini, Manulife Aset Manajemen Indonesia akan menyediakan solusi investasi berupa reksa dana, sementara Bareksa melancarkannya lewat jalur pemasaran online yang kuat," tambahnya.

Legowo menyatakan, reksa dana dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berinvestasi, di luar menyimpan uang dalam bentuk produk tabungan dan deposito.

"Reksa dana bisa dipakai untuk mengoptimalkan kerja uang Anda. Bagi yang memiliki dana lebih, jalur ini dapat dimanfaatkan selain menyimpannya di tabungan atau deposito," cetus dia.

MAMI sendiri menyediakan empat jenis produk reksa dana kelolaannya di Bareksa.com, yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija vs Persib, Pelatih Tetap Pantau Kondisi Bruno Matos

Posted: 09 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos, bakal terus memantau kondisi Bruno Matos yang baru saja pulih dari cedera. Pemain asal Basil itu bukan mustahil tidak tampil penuh saat Macan Kemayoran menjamu Persib Bandung pada lanjutan Shopee Liga 1 yang akab berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, sore ini, Rabu (10/7/2019).

Persija vs Persib merupakan laga klasik yang selalu dinanti para pecinta sepak bola Tanah Air. Duel ini juga bisa disaksikan lewat siaran langsung pada stasiun TV Indosiar. 

Meski demikian, Banuelos tidak mau gegabah dalam menentukan komposisi timnya menghadapi Persib. Dia memilih berhati-hati, terutama menyangkut kondisi Bruno Matos. 

"Dia selalu kami tarik di babak kedua karena baru menjalani masa pemulihan cedera," ujar Banuelos di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa dikutip Antara. 

Menurut pelatih asal Spanyol tersebut, Bruno Matos pemain penting untuk Persija.

Oleh karena itu, dirinya tidak ingin Bruno kembali mengalami cedera. Apalagi Persija menjalani jadwal pertandingan yang padat dalam beberapa hari terakhir.

"Jarak laga demi laga cukup dekat. Jadi saya mau menjaganya," tutur Banuelos.

 

 

Tidak Tampil Penuh

Para pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak oleh Bruno Matos ke gawang Shan United pada laga Piala AFC 2019 di SUGBK, Jakarta, Rabu (15/5). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bruno Matos mengalami cedera otot saat berlatih pada minggu awal Juni 2019. Setelah itu dia harus beristirahat dan baru memainkan laga perdananya pasca-cedera pada Rabu (3/7) ketika Persija menghadapi PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2019.

Dalam laga tersebut, Matos mencetak assist untuk gol Marko Simic yang membawa Persija menang dengan skor 1-0. Namun, dia digantikan oleh Ismed Sofyan di menit ke-61.

Lalu di laga selanjutnya, yakni leg kedua semifinal Piala Indonesia 2018-2019 kontra Borneo FC, Bruno Matos ditarik keluar di menit ke-70 dan digantikan Bambang Pamungkas.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Persija Vs Persib, Bobotoh Diimbau Tak ke GBK

Posted: 09 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan antara Persija Vs Persib di Shopee Liga 1 akan berlangsung nanti malam di Stadion GBK, Jakarta. Polisi mengimbau bobotoh atau pendukung Persib untuk tidak datang ke GBK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Meme Menunggu Hasil SBMPTN 2019 Terpopuler

Posted: 09 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meme lucu menunggu hasil SBMPTN 2019 menyedot perhatian dan menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (9/7/2019) kemarin.

Informasi lain yang juga terpopuler datang dari warganet yang ramai-ramai berkicau tentang SBMPTN 2019. 

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini. 

1. Meme Lucu Menunggu Hasil SBMPTN 2019 Bikin Ngakak

Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ajaran 2019/2020 akan diumumukan pada hari ini, Selasa (9/7/2019), pukul 15.00 WIB.

Menjelang pengumuman tersebut, topik SBMPTN pun menjadi bahan perbincangan di Twitter. Topik mengenai SBMPTN di Twitter juga berhasil menduduki peringkat atas daftar Trending Topic Indonesia.

Tidak hanya menjadi topik perbincangan, sejumlah meme pun bermunculan di Twitter. Kebanyakan meme itu menggambarkan rasa penasaran para peserta menunggu hasil pengumuman SBMPTN tahun ini.

Baca selengkapnya di sini

2. Hasil SBMPTN 2019 Bakal Diumumkan, Warganet Harap-Harap Cemas

Selasa (9/7/2019), merupakan hari yang dinantikan bagi para siswa SMA yang telah lulus. Pasalnya, Pengumuman Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN 2019) akan segera diumumkan mulai pukul 15.00 WIB.

Melalui Twitter, banyak warganet yang berharap, berdoa, menyemangati satu sama lain untuk hasil SBMPTN 2019 yang terbaik.

Tidak hanya harapan, terdapat beberapa gambar sampai meme lucu yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran? Berikut cuitan para warganet seputar SBMPTN:

Baca selengkapnya di sini

 

3. Hasil Diumumkan Hari Ini, SBMPTN Jadi Trending Topic di Twitter

Peserta serius mengikuti Try Out Nasional SBMPTN 2016 di GOR Ciracas, Jakarta, Sabtu (21/5). Peserta diikuti siswa  SLTA/sederajat di 34 Provinsi se-Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ajaran 2019/2020 akan diumumkan pada hari ini, Selasa (9/7/2019), pukul 15.00 WIB. Menjelang pengumuman, warganet sudah ramai membicarakan soal SBMPTN di Twitter sejak pagi hari ini.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, tagar #SBMPTN berada di daftar Indonesia trends. Saat berita ini ditulis, #SBMPTN berada di peringkat kedua Indonesia trends dengan lebih dari 3 ribu twit.

Berikut beberapa twit dengan tagar #SBMPTN yang dikicaukan oleh warganet:

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ryana Dea Melahirkan Anak Kedua

Posted: 09 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah meliputi keluarga kecil Ryana Dea dan Puadin Redi. Ryana Dea diketahui sudah melahirkan anak keduanya.

Informasi persalinan anak kedua Ryana Dea dibagikan oleh fotografer Diera Bachir. Melalui Instagram, ia mengunggah foto-foto saat Ryana Dea melahirkan anak kedua.

"The struggle is real! @childbirthphotography for @ryana_dea @puadinredi," tulis Diera Bachir sebagai keterangan foto yang diunggahnya.

Dalam foto yang diunggah Diera Bachir di Instagram, tampak Ryana Dea tengah berada di ruang persalinan. Ia sedang menanti momen-momen bertemu dengan anak keduanya.

 

 

 

Tersenyum

Usai melahirkan anak keduanya, ekspresi bahagia terlihat dari raut wajah Ryana Dea. Ia tersenyum sembari menggendong anak keduanya itu.

Sedangkan sang suami, Puadin Redi, menggendong anak pertama mereka, Qiandra Rynayra Redi, yang lebih dulu lahir pada 27 November 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Hada Kusumonegoro, Anak Indro Warkop yang Jadi Selebgram Cantik

Posted: 09 Jul 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal dengan komedian Indrorodjojo Kusumonegoro atau yang lebih akrab disapa Indro Warkop? Namanya melambung tinggi karena aksi panggung bersama rekan satu grupnya di Warkop DKI, Dono dan Kasino. Meski begitu, pelawak yang terkenal sejak tahun 80-an ini namanya masih eksis hingga saat ini. 

Menikah dengan Almarhum Nita Octobijanthy, Indro Warkop dikaruniai tiga orang anak, yakni Handhika Indrajanthy Putrie, Satya Paramitha Hada Dwininta dan Harleyano Triandro Kusumonegoro. Pria yang saat ini menginjak usia 61 tahun ini dikenal dekat dengan ketiga buah hatinya, dari laman instagramnya banyak potret yang menunjukkan keakrabannya dengan ketiga anaknya. 

Namun sosok yang tak kalah mencuri perhatian dari sang ayah ialah putri keduanya, Satya Paramita Hada Dwinita atau yang lebih dikenal dengan Hada Kusumonegoro. Memiliki paras yang cantik dan senyum yang menawan, pesona Hada pun mampu mencuri perhatian warganet. Pengikut di laman instagramnya saja sudah mencapai 78 ribu lebih loh!

Nah, penasaran kan gimana potret cantiknya? Berikut Liputan6.com rangkum dari akun instagram pribadi Hada, 6 pesona Hada Kusumonegoro, anak Indro Warkop yang jadi selebgram cantik, Rabu (10/7/2019).

1. Ini dia Hada Kusumonegoro, putri kedua Indro Warkop masih terlihat seperti ABG ya?

2. Wajahnya yang cantik dan gayanya yang modis, membuat putri kedua Indro ini menjadi selebgram

3. Meski terlihat seperti ABG, Hada sudah menikah dan dikaruniai dua buah hati loh yakni Alya dan Kiya.

4. Tak mengikuti jejak karier sang ayah, wanita yang biasa disapa Bunbun ini memilih berbisnis fashion dan kuliner.

5. Ini dia potret kedekatan Hada dengan sang ayah, Indro Warkop, seru abis ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Disiplin Jaga Kesehatan Selama Berhaji di Tanah Suci

Posted: 09 Jul 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai persiapan telah dilakukan calon haji. Tidak hanya persiapan yang matang, selama melaksanakan haji juga perlu menjaga kesehatan selama di Tanah Suci guna dapat menjalankan ibadah haji sampai waktu yang ditentukan.

Saat pertama kali sampai di Tanah Suci, calon haji dianjurkan untuk memeriksan kesehatannya di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Bandara King Abdul Aziz. Di sini jemaah haji dapat meminta vitamin untuk dikomsumsi selama melaksanakan ibadah haji selain itu, jika jemaah haji sedang sakit saat kedatangan juga dapat memeriksan diri di BPHI lalu cukup beristirahat, makan dan minum secukupnya sebelum berangkat ke Makkah atau Madinah.

Dilansir dari buku Disiplin Berhaji Menuju Haji Mambrur karya H.A Tabrani Rusyan, calon haji harus disiplin memelihara kesehatan selama di Tanah suci dengan cara-cara sebagai berikut.

Saat sudah sampai di Makkah atau Madinah, calon haji harus selalu menjaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, memperhatikan air yang jumlahnya terbatas untuk mandi dan mencuci, usahakan pakaian dijemur di luar kamar untuk menghindari kelembabpan yang tinggi, menggosok gigi minimal dua kali sehari setelah seselai makan, saat sedang tahallul usahakan memakai gunting rambut,silet, atau pisau cukur milik sendiri untuk mencegah penularan penyakit HIV/AIDS.

Selain menjaga kesehatan diri, menjaga sanitasi lingkungan juga diperlukan dengan cara menjaga ruangan agar tetap bersih, jangan merokok diruangan yang miliki pendingin ruangan, kamar mandi dan WC harus selalu dibersihkan, menjaga kebersihan peralatan makan, selalu membuang sampah pada tempatnya, dan tak lupa untuk selalu menggunakan air bersih atau sehat.

 

Ciri Air Besih

Ciri air besih atau sehat yaitu tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Di pemondokan, air bersih untuk makan dan minum adalah air dalam kemasan. Selain itu, dapat mengambil air zamzam.

Jemaah haji juga harus makan makanan sehat dan bergizi yang telah disediakan oleh petugas haji. Makanan harian yang biasanya disediakan adalah nasi, roti atau kentang, daging atau ikan, tempe-tahu, kacang kacangan, sayuran, buah, sari buah, air matang atau air kemasan, dan vitamin.

Saat jemaah haji berada di Arafah dan Mina, maka akan tinggal di tenda maktab masing-masing yang mampu menampung sepuluh sampai dua puluh jemaah serta tersedia kamar mandi dan WC umum. Usahakan memakai masker, memakai payung serta membawa air bila keluar tenda pada siang hari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Exclusive Live Streaming Persija Vs Persib di Vidio

Posted: 09 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan ditantang Persib Bandung pada pekan ke-8 Shopee Liga 1 2019. Laga yang akan disiarkan Indosiar itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Rabu (10/7/2019).

Pertemuan kedua tim yang kerap terlibat rivalitas di ajang Shopee Liga 1 2019 ini diperkirakan akan berjalan sengit.

Namun, catatan menunnjukkan Persija lebih unggul dalam pertemuan sebanyak 40 kali itu. Persija berhasil memenangi 17 partai di antaranya, dengan Persib hanya tujuh kali mencuri poin penuh dan 16 laga lainnya berakhir imbang.

Persija berpeluang memperkukuh superioritas terhadap Persib pada pertemuan sore nanti. Target tiga poin bagi tim berjulukan Macan Kemayoran itu tak dapat ditawar lagi.

"Soal rivalitas itu di luar, yang penting di lapangan kami fokus, dalam tim kerja sama, persiapan sudah maksimal, target kami adalah memenangkan pertandingan, itu saja," ujar pelatih Persija, Julio Banuelos.

Sebaliknya, Persib berjanji akan tampil mati-matian mengadang Persija. Kalau tak menang, hasil imbang pun bakal disyukuri oleh tim dengan sebutan lain Pangeran Biru itu.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan exclusive live streaming Persija vs Persib Bandung dan laga-laga Shopee Liga 1 lainnya di Vidio Premier dengan berlangganan Rp 15 ribu per bulan di link berikut ini....

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Persija Jakarta vs Persib, silakan klik di sini...

Prakiraan Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dany Saputra (belakang); Tony Sucipto, Rohit Chand, Bruno Matos (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos

Persib Bandung (4-2-3-1): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus (belakang); Hariono, Kim Kurniawan, Febri Hariyadi, Rene Mihelic, Esteban Vizcarra (tengah); Ezechiel N'Douassel (depan)

Pelatih: Robert Alberts

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Lakukan Kekerasan Seksual, Aktor Kang Ji Hwan Ditangkap

Posted: 09 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Aktor Kang Ji Hwan ditahan pihak berwajib Korea Selatan atas tuduhan melakukan kekerasan seksual. Ia ditangkap di rumahnya yang terletak di Gwangju, pada Selasa (9/7/2019) malam.

Dilansir dari Soompi, Rabu (10/7/2019), Kang Ji Hwan pulang ke rumahnya dengan dua staf wanita dari agensinya, setelah acara makan malam perusahaan. Mereka berniat untuk kembali melanjutkan acara minum-minum di rumah bintang Lie to Me tersebut.

Pada malam harinya, sang aktor masuk ke kamar tempat kedua wanita tersebut tertidur. Ia disebut melakukan kekerasan seksual kepada salah satu wanita dan melakukan pelecehan terhadap wanita lainnya.

Salah seorang wanita lantas menghubungi temannya di Seoul lewat pesan teks, pada pukul 09.41 malam.

"Aku minum-minum di rumah aktor Kang Ji Hwan dan sekarang kami terperangkap," begitu isi teks tersebut. Korban lantas meminta temannya untuk melaporkan kejadian ini kepada polisi.

Saat polisi datang, korban langsung mengadukan perbuatan Kang Ji Hwan, yang berujung kepada penangkapan aktor Feel Good to Die itu.

 

Mabuk Berat

Kang Ji Hwan (Soompi)

KBS World Radio mengabarkan bahwa saat diperiksa, Kang Ji Hwan mengaku tak mengingat perbuatannya karena saat itu tengah mabuk.

"Aku ingat minum-minum, tapi aku tak ingat yang terjadi setelahnya. Saat aku membuka mataku, aku berada di kamar tempat [wanita tersebut] tidur," tutur aktor tersebut kepada polisi.

Saat diperiksa polisi, Kang Ji Hwan bahkan masih berada dalam keadaan mabuk.

 

Kembali Diperiksa

Kang Ji Hwan dalam Real Man 300 (Soompi)

Polisi akan kembali memeriksa Kang Ji Hwan pada hari ini.

"Kami belum tuntas menginvestigasi kasus ini, jadi selain Kang Ji Hwan ditahan karena kekerasan seksual, kami belum bisa mengungkap apa pun," tutur seorang sumber dari kepolisian.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencari Suaka di Kebon Sirih Menunggu Dievakuasi

Posted: 09 Jul 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pencari suaka asal Afghanistan yang menempati trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta rencananya akan segera direlokasi pada hari ini, Rabu (10/7/2019). Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi saat tengah meninjau kondisi jalan pada Selasa (9/7/2019) kemarin.

Meski begitu, dari pantauan Liputan6.com hingga pukul 09.30 WIB belum ada tanda untuk melakukan relokasi di sekitar Jalan Kebon Sirih.

Salah seorang pencari suaka, Nafeesa (42) dari Afghanistan mengatakan, dirinya, suami, dan ketiga anaknya kemungkinan akan segera dipindah.

"Kemarin malam polisi datang, bilang akan dipindah, jadi saya siap-siap saja," ujar Nafeesa kepada Liputan6.com di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Dia terlihat tengah membereskan benda-benda miliknya ke dalam kardus dan kantong plastik. Sedangkan suaminya, Natir Ali, berjalan-jalan di sekitar trotoar untuk memantau keadaan.

"Kita tidak tahu jam berapa akan dipindah. Kemungkinan katanya akan ke masjid lagi," lanjutnya.

Para pencari suaka lainnya terlihat menjalani pagi hari ini sebagaimana biasanya. Beberapa anak berlarian dan bermain di trotoar, sementara orangtuanya duduk memperhatikan canda tawa buah hati mereka.

Jakarta Ramah

Salah satu pencari suaka lainnya, Massoome menuturkan pengalamannya selama menggelandang di Ibu Kota. Sembari duduk beralaskan tikar seadanya, dia mengaku warga Jakarta telah memperlakukan keluarganya dengan cukup baik.

"Orang-orang Indonesia baik. Mereka sering memberi kita makanan dan uang saat lewat," cerita dia.

Meski begitu, dia juga tahu diri, tidak mungkin berlama-lama menggelandang di Jakarta. Walau Indonesia salah satu negara yang membolehkan mereka bersinggah, Massoome tahu bahwa dia harus pergi suatu saat nanti.

Harapannya, dia dan keluarganya bisa segera mendapatkan negara tujuan sebagi tempat tinggal, serta bantuan biaya dari UNHCR.

"Kami tidak bisa pilih mau ke negara mana. Kami hanya bisa menunggu kabar dari UNHCR. Saya akan tunggu terus di sini sampai saya mendapat kabar," ujar dia.

Walau menggelandang, Massoome mengaku tetap bisa membersihkan diri dan memandikan anaknya. Hal ini dilakukannya di masjid yang ada di sekitar Kebon Sirih.

"Kami bisa mandi di masjid. Kalau mau charge baterai handphone, cuci-cuci, kami juga bisa lakukan di masjid," ucapnya sambil bercanda.

"Biasanya kami duduk berjejer sambil charge handphone, ngobrol bareng sama yang lain. Kami sangat dibantu dengan masjid yang ada di sini," ucap perempuan berhijab itu.

Dia bersyukur, walau harus menggelandang. Namun aman di Indonesia. Dia pun berterima kasih kepada warga Jakarta yang telah membantunya.

Kendati tidak mampu pergi ke negeri impiannya, Amerika Serikat, namun dia yakin akan akan segera mendapat negara yang mau menampungnya.

"Susah kalau mau ke Amerika. Tidak ada izinnya," dia mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kemegahan Bandara Internasional Daxing Beijing

Posted: 09 Jul 2019 09:15 PM PDT

Toko Huawei terlihat dalam Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing dirancang dengan desain menyerupai pesawat luar angkasa. (GREG BAKER/AFP)

Toko Huawei terlihat dalam Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing dirancang dengan desain menyerupai pesawat luar angkasa. (GREG BAKER/AFP)

Pejabat keamanan melakukan tur Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing didesain oleh mendiang arsitek Zaha Hadid. (GREG BAKER/AFP)

Pejabat keamanan melakukan tur Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing didesain oleh mendiang arsitek Zaha Hadid. (GREG BAKER/AFP)

Interior Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing dirancang dengan desain yang futuristik, yakni berbentuk segi enam raksasa. (GREG BAKER/AFP)

Interior Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing dirancang dengan desain yang futuristik, yakni berbentuk segi enam raksasa. (GREG BAKER/AFP)

Pejabat pabean berkeliling Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing menerapkan desain ruang terbuka. (GREG BAKER/AFP)

Pejabat pabean berkeliling Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing menerapkan desain ruang terbuka. (GREG BAKER/AFP)

Para pekerja berjalan dalam Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di dunia. (GREG BAKER/AFP)

Para pekerja berjalan dalam Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di dunia. (GREG BAKER/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bappenas: Ibu Kota Baru Bakal Gunakan Jaringan Gas

Posted: 09 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, menyatakan keseriusannya dalam upaya pemindahan Ibu Kota Jakarta di luar Jawa.

Pemindahaan ini, kata dia, sudah melalui konsep dan perencanaan matang yang dilakukan secara bersama-sama oleh pemerintah.

"Kita tidak ingin nantinya ibu kota baru seperti banyak kota di Indonesia yang umumnya tidak direncanakan baik," katanya dalam acara Forum Merdeka Barat di Kementerian Bappenas, Jakarta, Rabu (10/8/2019).

Bambang mengatakan di Indonesia sendiri saat ini banyak kota-kota kecil yang berkembang dengan besar namun perencaannya tidak begitu baik. Oleh karenanya, melalui ibu kota baru ini pihaknya menginginkan agar terkonsep dengan baik dan matang.

"Kita ingin ideal diterapkan di ibu kota baru. Dipikirkan lebih awal, infrastruktur disiapkan," imbuhnya.

 

Ibu Kota Baru Miliki Jaringan Gas

Bupati Mabar Agustinus ch Duka bersama Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang P.S Brodjonegoro saat memantau bandara Labuan Bajo. (Liputan6.com/Ola Keda)

Melalui ibu kota baru nanti, Bambang juga berharap semua persoalan-persoalan kecil yang selama ini terjadi di kota-kota kecil tidak terjadi disana. Seperti misalnya penggunaan tabung gas.

"Di ibu kota tidak ada lagi LPG. Orang masak dengan jaringan gas kota yang dibangun lebih awal. Tidak seperti saat ini banyak bergantung karena tidak ada jaringan gas kota," katanya.

Kemudian, persoalan air. Nantinya ibu kota baru tidak lagi ada rumah-rumah dengan sumur air. Semua meski sudah tersambung dengan jaringan perusahaan daerah air minum (PDAM). "Sehingga water supplay tidak jadi masalah dan bisa menikmati air berkualitas tanpa merusak lingkungan," imbuhnya.

Mengenai polusi yang terjadi seperti di Jakarta, ibu kota baru akan dibangun dengan konsep green city. "Kalimantan yang lebih dekat dengan forest city dan energinya harus terbarukan. clean dan renewable energy," pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Kebutuhan Gas Meningkat Jika Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Pekerja merawat jaringan pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jakarta, Rabu (21/9/2016). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memperkirakan, kebutuhan gas Kalimantan meningkat sebesar 1.222,92 MMSCFD jika Ibu Kota Indonesia pindah ke pulau tersebut.

Kepala BPH Migas, Fanshurullah Assa mengatakan, saat ini rencana pemindahan ibu kota yang kajiannya dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) telah mencapai 90 persen. Dipastikan ibu kota yang terpilih berada di Kalimantan. 

Dengan tahapan  proses pemindahan ibu kota negara pada 2019 sebagai keputusan, pada 2020 sebagai proses perencanaan, kemudian pada 2021-2023 proses pembangunan, dan  2024 mulai memindahkan pusat pemerintahan.

"Bappenas memastikan bahwa pemindahan pusat pemerintahan Republik Indonesia yang baru ke luar Pulau Jawa dimulai tahun 2024. ," kata ‎Fanshurullah, di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Atas langkah tersebut, perlu direncanakan secara matang kebutuhan energi dan pengembangan infrastruktur khususnya di bidang gas bumi khususnya di Kalimantan.

Dengan rencana  pemindahan ibu kota negara, potensi kebutuhan gas bumi diperkirakan sebesar 1.222,92 MMSCFD. 

Rincian kebutuhan pembangkit listrik 528,6 MMSCFD,‎ potensi konsumsi gas penduduk 46,30 MMSCFD, potensi pemindahan 34 Kementerian 17,02 MMSCFD, dibangunya satu kawasan industri 530 MMSCFD, jaringan gas 101 MMSCFD.

"Maka diperkirakan terdapat demand dari Fasilitas Pembangkit Listrik, Potensi Ibu Kota, Potensi Pemindahan 34 Kantor Kementerian, Pengembangan KEK dan KI (Maloy Batuta,  Batulicin, Jorong,  Ketapang, Tanah Kuning Dan Landak), industri gas bumi sebagai bahan bakar dan bahan baku, jaringan gas rumah tangga dan pelanggan kecil serta BBG untuk transportasi," ‎papar Fanshurullah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Persija vs Persib, Siaran Langsung di Indosiar

Posted: 09 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duel klasik bakal terhampar di Shopee Liga 1 2019, sore ini. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Persija Jakarta akan menjamu Persib Bandung.

Berdasar sejarah, duel keduanya selalu berlangsung sengit dan mencekam. Bahkan, tidak hanya di level klub, persaingan di tataran suporter kedua tim juga sangat kentara.

Di laga ini sendiri, Persib berambisi bangkit. Pasalnya, di laga terakhir, mereka dipermalukan Persebaya Surabaya 0-4 saat bertamu ke Stadion Gelora Bung Tomo.

Di sisi lain, Persija juga punya misi serupa. Pasalnya, di laga terakhir mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 lawan Borneo FC.

Berikut jadwal Persija vs Persib Bandung yang akan disiarkan langsung oleh Indosiar.

 

Jadwal

Rabu, 10 Juli 2019

15.30 WIB, Persija vs Persib

Stadion: SUGBK

Live: Indosiar

Shopee Liga 1 - Persija Jakarta Vs Persib Bandung - Marko Simic Vs Ezechiel N'Douassel (Bola.com/Adreanus Titus)

Perkiraan Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dany Saputra (belakang); Tony Sucipto, Rohit Chand, Bruno Matos (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos

Persib Bandung (4-2-3-1): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus (belakang); Hariono, Kim Kurniawan, Febri Hariyadi, Rene Mihelic, Esteban Vizcarra (tengah); Ezechiel N'Douassel (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Mantan Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar

Posted: 09 Jul 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar. Dia akan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia.

"ESA (Emirsyah Satar) akan diperiksa sebagai tersangka," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (10/7/2019).

Sejauh ini, Emirsyah Satar masih belum ditahan meski sudah dijerat sebagai tersangka sejak Januari 2017. Serupa dengan Emirsyah, tersangka lain dalam kasus ini yakni Soetikno Soedarjo masih menghirup udara bebas.

Pemilik PT Mugi Rekso Abadi (MRA) itu diperiksa sebagai tersangka pada Selasa, 9 Juli 2019 kemarin. Namun penyidik belum menahannya.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pemeriksaan Soetikno sendiri untuk mendalami penemuan baru dugaan aliran dana dalam perkara ini. Temuan baru tim penyidik lembaga antirasuah yakni aliran dana lintas negara.

"Jadi dalam proses penyidikan beberapa waktu terakhir ini, KPK menemukan aliran dana baru lintas negara terkait perkara ini. Sehingga, kami mendalami fakta baru tersebut, termasuk proses klarifikasi hari ini," kata Febri.

Penetapan Tersangka

Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar menaiki mobil usai diperiksa KPK, Jakarta, Jumat (17/2). Serta diduga menerima dalam bentuk barang senilai 2 juta dolar AS yang tersebar di Singapura dan Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

KPK sebelumnya menetapkan dua tersangka terkait kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia.

Mereka adalah Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo yang merupakan Presiden Komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA). Emirsyah Satar dalam kasus ini diduga menerima suap Euro 1,2 juta dan USD 180 ribu atau senilai total Rp 20 miliar.

Ia juga diduga menerima barang senilai USD 2 juta yang tersebar di Singapura, Australia, dan Indonesia, dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce, dalam pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS pada periode 2005-2014 di PT Garuda Indonesia.

KPK menduga, pemberian suap itu dilakukan melalui seorang perantara Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner dari Connaught International Pte Ltd yang berlokasi di Singapura.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pabrik Kayu untuk Ekspor ke Jepang Terbakar

Posted: 09 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kapolsek Sidoarjo, Kompol Supiyan menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran pabrik kayu PT Sunjaya Coating Perdana di Pagerwojo, Sidoarjo pada Selasa 9 Juli 2019.

Supiyan menuturkan, hasil koordinasi dengan pemadam kebakaran, hingga Rabu 10 Juli 2019 dini hari pukul 00.00 WIB, sebagian besar api sudah dipadamkan.

"Proses pemadaman masih berlangsung. Sudah 80 persen berhasil dipadamkan oleh teman-teman PMK," tutur dia, seperti dikutip dari suarasurabaya.net, Rabu (10/7/2019).

Jajaran kepolisian juga belum dapat menyimpulkan apa penyebab kebakaran ini. Polsek Sidoarjo, menurut Supiyan akan bekerja sama dengan Tim Labfor Polda Jatim untuk mengetahui penyebab kebakaran itu.

"Sementara kami belum bisa menyimpulkan. Perlu kami dalami keterangan saksi-saksi. Di antaranya 12 orang pekerja yang sedang lembur saat kebakaran terjadi, para manajer juga pemilik pabrik," ujar dia.

 

 

Tidak Ada Aktivitas

Ilustrasi Kebakaran Hutan (iStockphoto)

Sebelumnya, Saiful Ilah Bupati Sidoarjo menuturkan, kebakaran itu terjadi pada saat tidak ada aktivitas di dalam pabrik sehingga tidak ada karyawan yang tahu terjadi kebakaran.

"Penyebab belum tahu. Karena pabrik ini tidak 24 jam jadi tidak ada yang tahu. Kalau 24 jam karyawan pasti ada yang tahu. Ini tidak ada yang tahu. Iya, tidak ada aktivitas," ujar dia.

Pratikto Bos PT Sunjaya Coating Perdana menuturkan Abah Ipul, panggilan akrab Bupati Sidoarjo. Ia membenarkan, saat kebakaran terjadi tidak ada aktivitas di dalam pabrik.

Pernyataan bupati dan Bos PT Sunjaya ini tentu tidak sesuai dengan apa yang disampaikan Kompol Supiyan Kapolsek Sidoarjo. Kapolsek menuturkan, saat kebakaran terjadi ada kurang lebih 12 karyawan yang sedang lembur.

PT Sunjaya Coating Perdana merupakan perusahaan kayu molding atau kayu furniture untuk kebutuhan ekspor ke Jepang. Ada sekitar 300 orang karyawan yang bekerja di dua bangunan pabrik itu yang terbagi dalam tiga shift. Pabrik memang tidak beroperasi 24 jam karena shift malam hingga pukul 00.00 WIB saja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Planet Saturnus Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang, Ini 6 Fakta Menariknya

Posted: 09 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alam semesta seolah tak henti-hentinya menyuguhkan kecantikannya kepada manusia di Bumi. Setelah Jupiter, kini giliran planet Saturnus yang menampakkan diri tanpa perlu bantuan teleskop. Planet yang terkenal dengan cincinnya itu berada pada posisi terdekat dengan bumi sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. 

Puncak fenomena alam yang langka tersebut terjadi pada Selasa malam (9/7/2019). Dilansir Liputan6.com dari laman Accu Weather, Rabu (10/7/2019), fenomena tersebut terjadi lantaran planet Saturnus berada di satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari. Posisi tersebut kemudian disebut dengan Oposisi Saturnus.

Oposisi planet Saturnus membuat planet Saturnus tampak bersinar sangat terang dibanding malam-malam sebelumnya saat dilihat dari Bumi. Meski tidak dalam posisi terbaik, fenomena melihat langsung planet Saturnus masih bisa disaksikan hingga akhir bulan Juli ini. Sayangnya, cincin Saturnus hanya dapat dilihat jika menggunakan teleskop.

Planet Saturnus berada di atas cakrawala sepanjang malam, dimulai dengan terbit dari tenggara bersamaan dengan terbenamnya matahari hingga menghilang di barat daya saat menjelang dini hari. Terlepas dari fenomena alam tersebut, ada baiknya untuk mengetahui fakta menarik tentang Planet Saturnus.

Untuk itu, berikut Liputan6.com rangkum 6 fakta menarik Planet Saturnus yang selama bulan Juli ini dapat dilihat dengan mata telanjang, seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber, Rabu (10/7/2019).

Fakta Menarik Planet Saturnus

Ilustrasi Saturnus (iStockPhoto)

1. Planet Terbesar Kedua di Tata Surya

Planet terbesar setelah Jupiter ini punya diameter sekitar 120,536 kilometer. Dengan kata lain, diameter planet Saturnus berukuran sekitar hampir 10 kali lipat dari diameter Bumi. Diameternya yang cukup besar membuat Saturnus juga memiliki massa seberat 5,683E26 kilogram.

Di samping itu, planet terbesar kedua di tata surya ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10,6 jam satu kali rotasi. Sementara itu, periode revolusinya memakan waktu sekitar 29,5 tahun. Kendati berukuran raksasa, jarak rata-rata antara Saturnus dan Matahari cukup jauh, yakni sekitar 1.428.000.000 kilometer

2. Kerapatan Saturnus Lebih Kecil daripada Air

Meski berukuran cukup besar, nyatanya Saturnus punya kerapatan yang kurang dari air. Saturnus hanya mengandung sebesar 0.687 g/cm3, sementara air punya kerapatan sebesar 1 g/cm3. Artinya, Saturnus bisa mengapung di permukaan air layaknya apel.

Fakta Menarik Planet Saturnus

Penampakan aurora di kutub utara Saturnus. (Foto: NASA)

3. Usia Cincin Saturnus

Salah satu pesona planet Saturnus yakni adalah cincinnya. Kendati demikian, menurut studi terbaru, cincin Saturnus usianya jauh lebih muda ketimbang planet Saturnus sendiri. Saturnus ternyata melewatkan waktu selama 4,5 miliar tahun sendiri tanpa ditemani cincinnya.

Namun, kemungkinan cincin Saturnus berusia lebih tua dari dinosaurus yang usianya diperkirakan sekitar 66 juta tahun. Para ilmuwan menyebut, cincin Saturnus terbentuk antara 10 hingga 100 juta tahun lalu.

4. Planet Saturnus Punya 62 Bulan

Jika Jupiter punya 69 bulan, Saturnus tidak mau kalah dengan 62 bulannya. Di antara puluhan bulan milik Saturnus, ada satu yang berukuran paling besar yakni Titan dengan diameter sebesar 5,149.5 kilometer. Namun, ada temuan baru yang berhasil dibawa pulang Cassini, pesawat eksplorasi planet Saturnus yang mengakhiri perjalanannya pada 2017.

Cassini mencatat Saturnus memiliki lima bulan kecil yang ada di dalam cincinnya. NASA dalam keterangannya mengungkapkan bahwa kelima bulan kecil ini berukuran janggal, tidak seperti ukuran bulan pada umumnya.

Pasalnya, bulan-bulan tersebut justru berbentuk seperti gelembung tidak beraturan atau bisa dikatakan mirip dengan makanan pangsit Italia, Ravioli.

Fakta Menarik Planet Saturnus

NASA akan menerbangkan helikopter drone senilai US$ 1 miliar ke bulan Saturnus, Titan, pada 2030. (NASA)

5. NASA Berencana Lakukan Misi Observasi Titan

NASA resmi meluncurkan misi untuk mengobservasi Titan, bulan cantik sekaligus terbesar milik planet cincin Saturnus pada Kamis (27/6/2019). Misi tersebut dijalankan via pesawat luar angkasa Dragonfly.

Misi Dragonfly akan direalisasikan pada tahun 2026 dan diperkirakan tiba di Titan, 8 tahun kemudian atau pada 2034. Misi ini disebut-sebut bertujuan untuk menggali potensi kehidupan di Titan.

6. Enceladus Kemungkinan Bisa Ditinggali Manusia

Planet Saturnus mungkin dikenal luas dengan bulan terbesarnya yang bernama Titan. Namun, selain Titan, ada satu bulan yang disebut-sebut bisa ditinggali manusia. Ialah Enceladus di mana Cassini menemukan adanya es geyser berada di kutub selatan bulan tersebut.

Dengan kata lain, proses tersebut menunjukkan bahwa Enceladus cukup hangat untuk ditinggali manusia karena air di sana dapat terus mencair lantaran es geyser sempat meledak di bulan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Artis Yang Bisnis Jasa Travel Haji dan Umrah

Posted: 09 Jul 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa seleb Indonesia menggeluti bisnis salah satunya di bidang jasa travel haji dan umrah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Branding Wonderful Indonesia Mejeng Amerika Serikat

Posted: 09 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wonderful Indonesia kian eksis di mancanegara. Kali ini, branding dilakukan di Amerika Serikat (AS). Ada 2 kota besar di negeri Paman Sam yang disambangi, yaitu New York dan Los Angeles. Wonderful Indonesia terpasang di beragam media dan ruang publik. Pasar wisatawan asal Amerika Serikat memang menjanjikan buat Indonesia. Selain New York dan Los Angeles, Seattle dan Houston, jadi tambang wisatawan potensial.

Untuk memikat publik AS, 6 destinasi ditampilkan. Ada Bali, Raja Ampat, Borobudur, Danau Toba, dan Pantai Gili Kedis (Nusa Tenggara Barat). Ada juga logo Wonderful Indonesia. "Potensi wisatawan yang ada di AS harus dioptimalkan. Untuk itu, Wonderful Indonesia hadir di sana. Dengan memanfaatkan media yang tersedia di ruang publik, kami yakin cara ini akan efektif. Ingatan publik di sana selalu melekat dengan destinasi di Indonesia, lalu berikutnya mereka berkunjung," terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya, Selasa (9/7). Wonderful Indonesia hadir melalui LED Billboard dan bus New York. Durasi branding sekitar 3 pekan, 7-28 Juli 2019. Destinasi yang ditonjolkan yaitu Komodo di Nusa Tenggara Timur, selain logo Wonderful Indonesia sendiri.

Untuk 1 unit LED Billboard ini berada di 45th, 46St, dan Broadway Facing West, New York. Lokasi tersebut berada di Times Square. Kawasan tersebut menjadi yang tersibuk di New York. Setiap harinya ada sekitar 300 Ribu pejalan kaki yang melewati kawasan tersebut.

"LED Billboard dan bus sangat efektif sebagai media branding. LED sengaja dipilih di spot strategis. Kawasan tersebut ramai oleh lalu lalang orang. Lalu lintas di sekelilingnya juga sibuk. Jadi, sangat potensial," terang Nia. Selain LED Billboard, Wonderful Indonesia semakin didekatkan dengan publik. Brandingnya memakai jasa bus hop on hop off. Bus tersebut akan berkeliling di pusat Kota New York. Beberapa spot yang akan dilewatinya adalah Times Square, Carnegie Hall, dan Marcy 34th. Lintasannya semakin panjang dengan rute Empire State Building, Lincoln Center, hingga Central Park.

"Dengan treatment ini, kami yakin image dari Wonderful Indonesia dan destinasinya semakin melekat. Apalagi, bus memiliki rute-rute yang strategis. Tempat berkumpulnya orang dalam jumlah besar. Kami tentu optimistis, akan ada feedback positif dari kunjungan wisatawan Amerika setelah ini," tegas Nia.

Hal serupa diterapkan di Los Angeles. Namun, di sini branding dioptimalkan pada 2 unit bus hop on hop off. Destinasi yang ditampilkan full, seperti Bali, Raja Ampat, Borobudur, Danau Toba, dan Gili Kedis. Komodo juga ikut disajikan di sini. Berkekiling di pusat kota, bus memiliki rute elit seperti, Hollywood, Beverly Hills, Santa Monika, dan Downtown. "Market Amerika bagus, khususnya di New York dan Los Angeles.

Untuk itu, aktivitas branding dengan melibatkan fasilitas publik dilakukan di sini. Mengukur pasar dan daya tarik destinasinya, pasti akan ada pergerakan wisatawan signifikan dari 2 kota itu," kata Asdep Strategi dan Komunikasi Pemasaran II Kemenpar Diah Paham. Pergerakan wisatawan asal Negeri Paman Sam memang kompetitif. Pada 2018, arus wisatawan AS mencapai 387.295 orang. Jumlah tersebut tumbuh 12,3% dari rentang tahun sebelumnya. Sepanjang 2017, pergerakan wisatawan dari AS sekitar 344.766 orang.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, branding memanfaatkan fasilitas publik selalu efektif. "Branding dengan treatment seperti ini selalu berhasil menarik perhatian. Ujungnya positif bagi arus kunjungan wisman secara riil. Kehadirannya Wonderful Indonesia dan destinasinya di New York dan Los Angeles sangat ideal. Kota ini sangat heterogen. Ada banyak orang dari berbagai negara berkumpul di sana," tutup Arief Yahya Menteri Pariwisata.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Astronaut Akan Punya GPS agar Tak Tersesat, Begini Cara Kerjanya

Posted: 09 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara astronaut mendarat di Bulan. Bagaimana jika ternyata mereka menginjakkan kaki di permukaan yang berbeda dengan ekspektasi? Atau mungkin, bagaimana jika mereka tersesat dalam ekspedisi, sehingga misi terlewatkan?

Pertanyaan Anda telah menemukan jawabannya. NASA berencana akan menggunakan Global Positiong System (GPS) untuk membantu para astronaut menemukan jalan mereka. Sederhananya, seperti saat kita menggunakan Google Maps - memiliki rute yang akan mengantarkan kita pada target dan mencegah tersesat.

Sistem itu akan mulai digunakan pada awal 2024, dijajal pertama kali oleh kru astronaut yang akan mendarat di satelit alami Bumi seperti dikutip dari laman Live Science pada Rabu (10/7/2019).

GPS ini akan bermanfaat menghindari masalah navigasi, seperti yang dialami oleh kru Apollo pada 1960-an dan 1970-an. Mengingat, Bulan berbeda dengan Bumi yang memiliki atmosfer, sehingga susah untuk melunakkan cakrawalanya. Selain itu, juga susah menilai jarak di Bulan dengan hanya mengandalkan penglihatan.

Astronaut Apollo pernah kesulitan menaksir jarak ke kawah yang ditandai dalam peta (yang diperoleh dari citra orbital). Bahkan, pernah tim Apolli 14 melewatkan kawah yang telah mereka targetkan, padahal telah berjarak 30 meter dari objek sasaran.

Penggunaan GPS dalam ekspedisi Bulan akan mencegah berulangnya masalah serupa. Sehingga, target-target yang telah ditentukan dalam misi akan tuntas tercapai.

Cara Kerja

Cuplikan dari video pendaratan di bulan yang langka. Dok: Sotheby's

GPS adalah sistem yang dioperasikan militer AS, mengandalkan antara 24 dan 32 satelit yang mengorbit di atas Bumi pada waktu tertentu. Alat ini telah populer di banyak piranti, dari perangkat pelacakan hingga navigasi kendaraan.

GPS khusus yang tengah dikembangkan oleh NASA akan membangun receiver (penerima) di Bulan, kemudian mengambil sinyal dari satelit di orbit sekitar Bumi.

"GPS adalah sistem yang terdiri dari tiga bagian: satelit, stasiun bumi, dan penerima. Stasiun darat memantau satelit, dan penerima, seperti yang ditemukan di telepon atau mobil, terus-menerus mendengarkan sinyal dari satelit itu," kata NASA dalam sebuah pernyataan.

"Penerima kemudian menghitung jaraknya dari empat satelit atau lebih untuk menentukan lokasi," lanjut NASA.

NASA telah menavigasi banyak pesawat ruang angkasa di dekat bulan dalam beberapa dekade terakhir, tetapi arahnya selalu datang dari jaringan komunikasi NASA. GPS dapat mendukung lebih banyak satelit, dan akan melancarkan bandwidth berharga dari jaringan NASA lainnya.

 

Tantangan

Cuplikan dari video pendaratan di bulan yang langka. Dok: Sotheby's

Salah satu tantangan dari GPS untuk ekspedisi Bulan adalah sistem itu paling akurat di ketinggian rendah, yakni di bawah orbit satelit 12.550 mil (20.115 kilometer).

Namun, NASA telah memperluas navigasi berbasis GPS ke ketinggian yang lebih tinggi untuk misi seperti Geostationary Operational Environmental Satellites (GOES) dan Magnetospheric Multiscale Mission (MMS), sehingga NASA tetap optimistis dalam projek GPS di Bulan.

Tim NASA berencana untuk membangun sistem GPS Navigator MMS dengan mengembangkan perangkat elektronik yang lebih baik. Salah satunya dengan menggunakan teknologi antena dan jam yang lebih akurat.

Konsep penerima (receiver) GPS terbaru di orbit saat ini adalah NavCube, yang menggabungkan kemampuan GPS Navigator MMS dan platform komputer penerbangan yang disebut SpaceCube. Versi NavCube baru-baru ini diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan akan menguji pemrosesan sinyal GPS-nya.

Tim NASA berencana untuk menyelesaikan pekerjaan pada prototipe terbaru pada akhir tahun ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selvi Ananda Berdaster Saat Antar Jan Ethes ke Dokter Gigi

Posted: 09 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes, baru-baru ini kembali mencuri atensi khalayak. Hal ini terjadi ketika putra Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda tersebut pergi ke dokter gigi.

Momen tersebut sempat diabadikan oleh salah seorang perawat yang kemudian mengunggah potret melalui akun Twitter pribadi. Foto yang dimaksud menampilkan Jan Ethes dalam posisi terlentang dan tengah diperiksa giginya.

"Ganteng dan pemberani ya dek Jan ethes ter-uwuw. Jangan lupa keponakanmu diajarkan rutin sikat gigi ya mas @kaesangp," tulis sang perawat, Kartika, lewat akun Twitter @kartikatiani, 6 Juli 2019.

Tak hanya itu, Jan Ethes yang tampil dalam balutan kaus, celana pendek hitam, sepatu hijau lumut, serta kacamata itu tampak memperlihatkan deretan giginya sembari memegang mobil-mobilan.

Di sebelahnya terlihat sang ibunda, Selvi Ananda, yang setia menemani. Bahkan, penampilan santai dan sederhana Putri Solo 2009 tersebut tak kalah jadi sorotan di dunia maya.

Tampilan Sederhana Selvi Ananda

Selvi Ananda saat mengantarkan Jan Ethes ke dokter gigi. (dok. Screenshot Twitter/@Kartikatiani/https://twitter.com/Kartikatiani/status/1147548826594496512?s=20/Putu Elmira)

Saat mengantarkan Jan Ethes ke dokter gigi, Selvi Ananda tampil santai dalam balutan long dress batik berlengan 1/4 menyerupai daster berwarna oranye gelap.

Terusan panjang itu juga dihiasi ragam motif super cantik. Rambut Selvi dibiarkan tergerai indah dengan jepitan yang disematkan di sisi kanan rambut. Tampilan simpel ini didukung dengan makeup natural yang membuat penampilannya makin manis dan memikat.

Potret itu lantas beredar luas di Instagram, termasuk akun penggemar Jan Ethes, seperti akun @janethes_story. Warganet langsung memberi beragam tanggapan terkait unggah itu.

"Cantiknya ibunya mas Ethes," tulis akun ary.rani. "Ya Allah Ibu e Ethes cantik, dasternya apik tenan," puji akun melfi77.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Ciri-Ciri Pria Mandul yang Perlu Diwaspadai, Kenali Sejak Dini

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri pria mandul bisa dideteksi sejak dini agar dapat memperoleh penanganan yang tepat. Kemandulan pria adalah masalah kesehatan pada pria yang menurunkan kemungkinan pasangan wanitanya hamil. Sekitar 13 dari 100 pasangan memiliki kemungkinan kemandulan. Ada banyak penyebab kemandulan pada pria dan wanita. Pada lebih dari sepertiga kasus kemandulan, masalahnya ada pada pria.

Ciri-ciri pria mandul sering dikaitkan dengan kondisi yang mendasarinya. Kemandulan pria disebabkan oleh produksi sperma yang rendah, fungsi sperma yang abnormal atau penyumbatan yang mencegah pengiriman sperma. Penyakit, cedera, masalah kesehatan kronis, pilihan gaya hidup dan faktor-faktor lain dapat berperan dalam menyebabkan kemandulan pria.

Ada ciri-ciri pria mandul yang secara umum dapat dikenali. Ciri-ciri pria mandul ini bahkan sering tidak disadari. Mengetahui ciri-ciri pria mandul bisa membuat pria lebih waspada akan kesehatan reproduksinya.

Dengan mengetahui ciri-ciri pria mandul, diharapkan pria segera mendapatkan penanganan tepat sesuai kondisi yang mendasarinya. Berikut ciri-ciri pria mandul yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(10/7/2019).

Perubahan hasrat seksual.

Kenali Ciri-ciri Pria Mandul (Elnur/shutterstock)

Ciri-ciri pria mandul yang pertama adalah adanya perubahan hasrat seksual. Perubahan kejantanan sering diatur oleh hormon, bisa menunjukkan masalah dengan kesuburan. Sebagaimana diketahui, kesuburan pria juga terkait dengan kesehatan hormonnya. Berbagai ketidakseimbangan hormon dapat memengaruhi kesuburan pria. Testosteron adalah hormon kunci untuk kesuburan pria, jadi masalah dengan testis yang menghasilkan hormon ini dapat menyebabkan infertilitas.

Dua hormon memberi sinyal pada testis untuk membuat sperma dan testosteron: hormon luteinisasi dan hormon perangsang folikel. Kelenjar hipofisis menghasilkan hormon-hormon ini, sehingga masalah dengan kelenjar ini juga dapat mempengaruhi infertilitas.

Perubahan pertumbuhan rambut.

Ilustrasi (iStock)

Perubahan hormon juga berdampak pada pertumbuhan rambut pada tubuh. Beberapa jenis ketidakseimbangan hormon yang berbeda dapat menyebabkan penipisan rambut.

Penyebab sesungguhnya adalah dihidrotestosteron (DHT), bentuk testosteron yang lebih kuat. DHT dibuat dari testosteron oleh enzim spesifik dalam tubuh, dan sementara testosteron dan DHT diketahui memiliki efek melemah pada folikel rambut yang berhubungan dengan penipisan rambut.

Seorang pria dengan masalah hormon dapat melihat perubahan dalam suara atau pola pertumbuhan rambutnya, perkembangan payudara, atau kesulitan dengan fungsi seksual.

Nyeri atau pembengkakan testis.

Kanker Testis - KlikDokter.com (Butsaya/Shutterstock)

Nyeri atau pembengkakan testis merupakan salah satu ciri-ciri pria mandul. Sebenarnya ada beberapa kondisi berbeda yang dapat menyebabkan rasa sakit atau pembengkakan pada testis. Namun, banyak di antaranya dapat berkontribusi pada kemandulan. Beberapa infeksi dapat mengganggu produksi sperma atau kesehatan sperma atau dapat menyebabkan jaringan parut yang menghalangi jalannya sperma.

Kondisi ini termasuk radang epididimis (epididimitis) atau testis (orkitis) dan beberapa infeksi menular seksual, termasuk gonore atau HIV. Meskipun beberapa infeksi dapat menyebabkan kerusakan testis permanen, paling sering sperma masih bisa diambil.

Masalah saat mempertahankan ereksi.

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kemampuan seorang pria untuk mempertahankan ereksi sering dikaitkan dengan kadar hormonnya. Hormon yang berkurang berpotensi menyebabkan kemandulan.

Perubahan hormon, faktor psikologis, atau masalah fisik mungkin menyulitkan untuk dapat atau mempertahankan ereksi. Jika ini menjadi kejadian biasa, itu dapat mengganggu hubungan seksual atau menjadi tanda masalah yang mendasarinya.

Masalah dengan ejakulasi.

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketidakmampuan ejakulasi adalah tanda bahwa sudah saatnya berkonsultasi dengan dokter. Memiliki kesulitan ejakulasi atau memperhatikan perubahan dalam ejakulasi, seperti penurunan volume, juga bisa menjadi tanda masalah mendasar terkait dengan kesuburan pria.

Masalah ejakulasi terjadi ketika sperma memasuki kandung kemih selama orgasme bukannya muncul ujung penis. Berbagai kondisi kesehatan dapat menyebabkan masalah ejakulasi ini, termasuk diabetes, cedera tulang belakang, obat-obatan, dan operasi kandung kemih, prostat atau uretra.

Beberapa pria dengan cedera tulang belakang atau penyakit tertentu tidak dapat ejakulasi sperma, meskipun mereka masih menghasilkan sperma. Seringkali dalam kasus ini sperma masih dapat diambil untuk digunakan dalam teknik reproduksi bantuan.

Perubahan testis.

Pentingnya Deteksi Dini Kanker Testis (Klenger/Shutterstock)

Ciri-ciri pria mandul selanjutnya terkait dengan adanya perubahan testis. Testis yang sehat adalah aspek penting dari kesuburan pria. Testis kecil atau keras yang terasa kencang mungkin merupakan tanda lain dari masalah hormon. Testis menampung sperma pria, sehingga kesehatan testis sangat penting bagi kesuburan pria.

Di sisi lain, testis yang bengkak, nyeri, atau lunak dapat menjadi tanda masalah mendasar, seperti infeksi, yang juga dapat berdampak pada kualitas sperma dan kesuburan pria.

Jika terdapat benjolan atau pembengkakan di testis, salah satu penyebab potensial mungkin adalah varikokel testis. Varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah di testis, mirip seperti varises, mencegah drainase yang tepat dan menurunkan jumlah sperma. tanda-tanda dari kondisi ini termasuk nyeri tumpul, pembengkakan testis, benjolan, dan pembuluh darah yang tampak membesar.

Obesitas.

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Penelitian pada tahun 2015 mencatat bahwa banyak penelitian mengaitkan obesitas pada pria dengan infertilitas. Obesitas dapat meningkatkan risiko kondisi lain yang dapat mempengaruhi kesuburan pria seperti kualitas sperma dan disfungsi seksual.

Pria yang kelebihan berat badan atau obesitas berada pada risiko lebih besar untuk mengalami infertilitas, kata sebuah analisis baru. Para peneliti di Perancis menemukan, dibandingkan dengan pria dengan berat badan normal, pria yang kelebihan berat badan dan obesitas lebih cenderung memiliki jumlah sperma yang rendah, atau tidak memiliki sperma yang layak. Ini bisa menjadi ciri-ciri pria mandul yang harus diwaspadai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha NMax Facelift Mejeng di Dealer, Mulai Dijual?

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Trenggalek - Kabar mengenai Yamaha NMax facelift sudah beredar sejak beberapa bulan lalu. Bahkan, skutik gambot andalan pabrikan asal Jepang tersebut dikabarkan akan meluncur tahun ini. Sepertinya itu bukan hanya desas-desus atau kabar burung belaka.

Salah satu dealer Yamaha sudah mulai menjualnya. Akun Facebook Yamaha Merpati Motor bahkan sudah mulai memasarkannya.

"NMAX FACELIFT MODEL 2019, LANGSUNG MERAPAT KE Merpati Motor Trenggalek Jl. Dr Soetomo no 40 Trenggalek, Dealer , Terlengkap, dan Terpercaya di Trenggalek," tulis akun tersebut.

Semakin meyakinkan, akun Facebook ini juga menyertakan foto-foto Yamaha NMax Facelift 2019. Motor matik gambot Yamaha itu tampil lebih sporty.

 

Harga

Lampunya tak lagi single, ada dua lampu di bagian depan dengan sorot yang lebih tajam. Skutik gambot ini punya dua kelir bodi, hitam matte dan putih.

Soal harga sayangnya dealer ini tak menyebutkan berapa rupiah skuter gambot itu akan dilepas ke konsumen. Begitu juga dengan ubahan lainnya secara detail. Hingga berita ini ditayangkan, rekan kami, Otosia.com masih belum mendapatkan jawaban dari pihak terkait.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:YAMAHA NMAX]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Terbiasa Minum Air Mentah, Lintah Hidup di Tenggorokan Wanita Ini

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rekaman mengerikan menangkap momen dokter menemukan lintah menggeliat-geliat di dalam tenggorokan wanita. Makhluk itu berukuran sekitar 3cm.

Artikel tentang lintah hidup di tenggorakan wanita menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak yang jago menghidupkan suasana.  

Sementara artikel ketiga terpopuler membahas tentang pemuda yang gemar berpakaian ala abad ke-18.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Suka Minum Mata Air Mentah, Lintah Hidup di Tenggorokan Wanita Ini

Doc: Asia Wire

Diketahui wanita tua itu punya kebiasaan minum mata air mentah. Kebiasaan tersebut kemungkinan menyebabkan ia menelan telur atau larva lintah, yang kemudian menetas dan tumbuh di tenggorokannya.

Selengkapnya...

2. Suka Bikin Orang Ketawa Geli, Deretan Zodiak Ini Dikenal Humoris

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Menghidupkan suasana adalah suatu hal yang tidak mudah, merubah kesunyian menjadi canda tawa yang menggema di setiap sudut ruang yang ada.

Butuh selera humor yang bagus untuk membuat senyum mengembang di sudut bibir hingga menghasilkan sebuah tawa. Namun tahukah bahwa ternyata karakter lucu bisa diprediksi dari zodiaknya?

Selengkapnya...

3. Potret Unik Pemuda yang Gemar Berpenampilan Klasik Abad ke-18 Tiap Hari

Zack Pinsent (sumber: instagram/@pinsent_tailoring)

Jika kebanyakan anak muda gemar bergaya kekinian, namun berbeda dengan pemuda asal Brighton, Inggris satu ini. Zack Pinsent, pemuda 25 tahun ini justru senang mengenakan baju klasik di era 1800an setiap harinya.

Tentu terdengar aneh ya, namun Zack justru mengaku tak nyaman mengenakan baju modern seperti anak-anak muda pada umumnya. Dia bahkan telah membakar celana jeansnya beberapa tahun lalu.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investor Jepang dan Eropa Lirik Tanah Reforma Agraria Berstruktur Gambut

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Siak- Ribuan masyarakat di Kabupaten Siak telah menerima sertifikat tanah dari Presiden Joko Widodo. Diserahkan tahun lalu, 10.000 hektare Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) berstruktur gambut itu belum digarap maksimal.

Hal ini mendapat perhatian dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Restorasi Gambut (BRG). Rencananya tahun ini, 4.000 hektare lahan TORA itu bakal diolah agar memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Pengolahan sendiri harus memperhatikan ekosistem karena memiliki kedalaman gambut hingga tiga meter. Perlu ada komoditi ramah gambut serta tanaman cadangan atau tumpang sari seperti cabe, nanas ataupun holtikultura lainnya.

Rencana BRG ini masih dikaji beberapa guru besar, peneliti dari Universitas Riau, Pemerintah Kabupaten Siak dan lembaga non pemerintah atau LSM. Hal ini mendapat respon positif dari Bupati Siak Drs Alfedri.

Menurut Alfedri, rencana penanaman komoditi di lahan TORA bergambut ini akan ditetapkan di Kecamatan Pusako, Sungai Apit dan Mempura. Ada sembilan kampung atau desa di kecamatan itu dijadikan pilot project.

"Skemanya tetap budidaya dan lindung agar gambut tetap terjaga serta memberi keuntungan bagi masyarakat pemegang sertifikat," kata Alfedri di Kantor Bupati Siak, Selasa siang, 9 Juli 2019.

Tanaman komoditi ini, terang Alfedri, bisa saja kayu jenis mahang. Kayu ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuat kotak packing. Daya tahannya cukup kuat dengan nilai jual memberikan keuntungan bagi petani.

Beberapa hari lalu, Alfedri mengaku sudah dihubungi investor. Masyarakat pemegang sertifikat akan dimodali menanam ubi gajah sebagai bahan utama tepung tapioka. Pabrik tepung ini sudah ada di Duri, Bengkalis, dengan kebutuhan ubi 80 ton per bulan.

"Nanti bisa memenuhi kebutuhan bahan tepung dengan tanaman ubi. Selain itu di gambut bisa beternak ikan karena ada kanal sebagai penjaga kebasahan," terang Alfedri.

Jangan Putus Asa

Bantuan sapi dari Badan Restorasi Gambut untuk revitalisasi ekonomi masyarakat yang mengelola lahan gambut. (Liputan6.com/M Syukur)

Terpisah, Kepala BRG Nazir Foed menyebutkan, pengelolaan gambut ke depannya di Indonesia tidak hanya membasahi agar tidak terjadi kebakaran. Pengelolaannya perlu melibatkan masyarakat penerima TORA agar menimbulkan dampak ekonomi.

Selama meneliti komoditi yang cocok untuk gambut, Nazir mengaku sudah dihubungi investor dari Jepang dan beberapa negara Eropa. Mereka tertarik memodali penanam komoditi yang ramah terhadap gambut.

"Jadi pengelolaannya berbentuk bisnis bagi masyarakat, menimbulkan efek ekonomi. Inilah yang sedang dikaji, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada hasil," sebut Nazir.

Kepada ribuan masyarakat penerima TORA, Nazir mengharapkan kesabaran selama uji coba penanaman komoditi berlangsung. Kegagalan bisa saja terjadi selama penanaman berlangsung.

"Kepada petani, tidak semuanya akan berjalan lancar. Ada uji teknis, ada yang dijaga, belajar perlahan," imbuh Nazir.

Dengan uji coba ini, Nazir yakin bakal ada hasil lebih baik. Biasanya kegagalan pertama akan dievaluasi untuk perbaikan sehingga menghasilkan komoditi yang diharapkan.

"Tolong jangan putus ada dalam percobaan, akan ada hasil lebih baik," sebut Nazir.

Peran Sekat Kanal

Sekat kanal sebagai penjaga kebasahan gambut sebagai upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan. (Liputan6.com/M Syukur)

Menurut Nazir, pemanfaatan lahan TORA berstruktur gambut dinilai ampuh mencegah kebakaran hutan dan lahan. Nantinya di lahan itu akan dibuat sekat kanal ataupun embung sebagai sumber air kebasahan gambut.

Sekat kanal dalam beberapa tahun terakhir cukup efektif mencegah kebakaran lahan. Salah satu contoh adalah sekat kanal di Desa Sadar Jaya, Kecamatan Siak Kecil, Bengkalis.

Dulunya, desa ini sebelum ada sekat kanal terjadi enam hingga delapan kali kebakaran tiap tahun. Namun sejak ada kanal tahun 2018, desa ini sudah tidak pernah terpantau titik api lagi.

"Kalaupun ada, itu di lokasi yang tidak ada sekat kanalnya. Dan sejak ada sekat kanal, titik api di Riau berkurang, tidak separah tahun 2015 lalu,," jelas Nazir.

Nazir menjelaskan, sekat terbuat dari papan berbentuk bendungan itu berfungsi menjaga ketinggian air. Sekat dibuat dengan tinggi tertentu, di mana air akan keluar jika berlebih dan bertahan jika musim kemarau.

"Sekat masuk program BRG, setiap tahun jumlahnya ditingkatkan. Kabupaten lainnya juga akan dibuat sekat kanal," jelas Nazir.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persipura Jayapura vs Perseru Badak Lampung di Vidio

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persipura Jayapura masih menunggu kemenangan pada Shopee Liga 1 2019. Gagal berjaya pada enam laga sebelumnya, Mutiara Hitam bertekad menaklukkan Perseru Badak Lampung di Stadion Mandala, Rabu (10/7/2019).

Capaian terbaik Persipura sejauh ini adalah memetik tiga hasil imbang. Raihan buruk tersebut membuat mereka terdampar di zona degradasi. Persipura hanya lebih baik dari Persela Lamongan yang baru memiliki dua poin.

Kans anak asuh Lydio de Souza memperbaiki nasib terbuka melihat performa tim tamu. Sempat memenangkan dua partai beruntun, Perseru Badak Lampung gagal berjaya di tiga pertandingan terakhir.

Di sisi lain, Perseru Badak Lampung tak ingin lawatan panjangnya ke Jayapura berakhir sia-sia. Meski mengakui pemainnya sedikit kelelahan, pelatih Jan Saragih berjanji akan memberikan permainan menghibur.

"Sudah dua hari kami berada di sini. Perjalanan panjang membuat kami sedikit kelelahan, tapi kami akan tetap mencoba bermain menghibur buat masyarakat Jayapura dan Lampung," ujar Jan Saragih.

Live streaming Persipura vs Perseru Badak Lampung dimulai pukul 13.30 WIB. Dapatkan link live streaming laga ini pada halaman berikut.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Persipura vs Perseru Badak Lampung, silakan klik di sini...

Perkiraan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Valentino Telaubun, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Yustinus Pae (belakang), Ronaldo Meosido, Ibrahim Conteh, Ian Kabes (tengah), Titus Bonai, Oh In-kyun, Mamadou Samassa (depan)

Pelatih sementara: Lydio de Souza (Brasil)

Perseru Badak Lampung (4-4-2): Daryono (kiper), Kurniawan Karman, Zainal Haq, Syahrul Mustofa, Kunihiro Yamashita (belakang), Abdul Lestaluhu, Akbar Tanjung, Fernandinho, Marquinhos Carioca (tengah), Francisco Wagsley, Talaohu Musafri (depan)

Pelatih: Jan Saragih (Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PUBG Mobile Season 8 Bakal Sajikan Fitur, Tema, dan Senjata Baru

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PUBGB Mobile Season 7 bakal segera usai dalam beberapa hari ke depan. Berdekatan dengan peluncuran PUBG Mobile Season 8, sejumlah bocoran mengenai pembaruan gim mobile ini pun mengemuka di internet.

Mengutip Times of India, Rabu (10/7/2019), pada season selanjutnya, PUBG Mobile bakal menghadirkan sejumlah fitur, tema, senjata, emote, hadiah, hingga profil avatar terbaru.

Bocoran ini muncul dalam bentuk video yang dipublikasikan di saluran YouTube milik Mr Ghost Gaming. Pemilik saluran YouTube ini memang cukup sering mengungkapkan sejumlah detail mengenai update berbagai judul gim jelang peluncurannya.

Menurut video tersebut, pembaruan gim PUBG Mobile versi 0.13.4 akan menghadirkan tema lautan alias Ocean dengan logo tentakel gurita untuk tema tersebut.

Video itu juga mengungkapkan bahwa royal pass pada PUBG Mobile Season 8 Elite Plus bisa dibeli dengan harga 1.800 UC, dan akan memberikan peningkatan 25 rank, yang nilainya setara dengan 2.500UC bagi pemain.

Elite Mission

PUBG Mobile bakal kehadiran zombie mode di update terbarunya, kapan? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Bersama dengan pembaruan tersebut, pass juga akan memudahkan pelanggan untuk mengakses Elite Mission, skin senjata untuk QBZ, dan hadiah hingga 100BP.

Selain itu, pembeli Elite Pass juga akan mendapatkan skin tas Urban Scavenger, ditambah dengan avatar ekslusif Military Operation.

Upgrade peringkat untuk Royal Pass kemungkinan akan membawa hadiah senilai 75BP kepada pemain, termasuk juga kostum baru, Bronze Armor Shark's Bite, dan lain-lain.

Untuk emote, PUBG Mobile juga akan kehadiran dua emote terbaru yakni Triumphant Victory dan Spawn Line Dance untuk Season 8.

Skin untuk Senjata

Memainkan PUBG Mobile di Huawei Nova 3i (Foto: screenshot)

Pada Season 8, pengguna juga akan berkesempatan untuk mendapatkan senjata tipe baru yakni PP bison gun bersama dengan sejumlah skin-nya.

Misalnya blue skin untuk DP28 serta Scarlet Horror untuk senjata jenis Scar-L dan lain-lain.

Sayangnya, sampai saat ini, Tencent Games selaku publisher gim ini belum mengungkapkan kapan tanggal peluncuran update PUBG Season 8.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengintip Persiapan Anthony Ginting dan Jonatan Christie Hadapi Indonesia Open

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berusaha mengembalikan kok saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berusaha mengembalikan kok saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, berusaha mengembalikan kok saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, berusaha mengembalikan kok saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pelatih tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra, memberikan instruksi saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pelatih tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra, memberikan instruksi saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Wajah lelah tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Wajah lelah tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Wajah lelah  tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, tampak lelah saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Wajah lelah tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, tampak lelah saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie, merapikan kok saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie, merapikan kok saat latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang Indonesia Open 2019 pada 16-21 Juli mendatang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Sekelompok Kera Menyerang Pedagang

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedagang India diserang sekelompok kera di depan rumahnya. Pedagang tersebut mendapat suntikan untuk mencegah penyakit rabies.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sutopo Purwo Nugroho Meninggal, Raisa: Berat Hatiku, Sedih...

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, telah berpulang. Raisa, yang merupakan idola Sutopo semasa hidup juga ikut berduka.

Dalam sebuah kesempatan, Raisa pun mendoakan mendiang Sutopo agar seluruh amal ibadahnya diterima dan semoga pihak keluarga diberi ketabahan.

"Merasa berat banget hati aku, merasa sedih. Dan yang pasti semua orang mendoakan beliau, saya juga mendoakan beliau dan semoga ditempatkan yang terbaik," ungkap Raisa di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

Baginya, Sutopo adalah sosok yang sangat menginspirasi. Dedikasi dan tanggung jawabnya terhadap pekerjaan, perlu dijadikan contoh dan teladan bagi setiap orang.

Sakit Kanker Paru-Paru

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Semoga ada lagi orang-orang seperti beliau yang berdedikasi pada pekerjaannya dan membantu korban-korban bencana seperti beliau. Jadi memberikan legacy yang luar biasa untuk bangsa," kada Raisa.

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou, China, setelah sempat berjuang melawan kanker paru-paru. Meskipun telah didiagnosis, Sutopo masih tetap menjalankan tugasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Ungkap Alasan Banyak Orang Indonesia Berobat Kanker ke Luar Negeri

Posted: 09 Jul 2019 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tokoh seperti mantan ibu negara Ani Yudhoyono serta Kepala Humas BNPB Sutopo meninggal setelah melakukan pengobatan kanker di luar negeri.

Tren perawatan kanker di luar negeri bagi masyarakat Indonesia adalah hal yang biasa. Di sisi lain, masyarakat jadi menganggap bahwa ada yang kurang dengan fasilitas kanker di Indonesia.

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan pada awak media bahwa sebenarnya, Indonesia sudah memiliki pusat kanker-nya sendiri yaitu Rumah Sakit Kanker Dharmais. Selain itu, dia mengungkapkan sudah banyak fasilitas kesehatan lain yang memiliki layanan serupa.

"Kita sudah punya Rumah Sakit Kanker Dharmais yang untuk rujukan. Di setiap rumah sakit sebenarnya, kalau sudah ada onkologisnya, dokternya, kita sudah bisa menangani. Jadi di Indonesia juga bisa ditangani," kata Nila di Cikarang, Jawa Barat, ditulis Rabu (10/7/2019).

Diagnosis Terlambat Punya Peran

Menkes Nila meninjau pabrik obat kanker di Cikarang, Jawa Barat pada Selasa (10/7/2019) (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Meski begitu, Nila juga mengungkapkan kenapa banyak pasien yang memilih berobat ke luar negeri. Terlambatnya diagnosis menjadi salah satu alasannya.

"Saya akui kalau menderita kanker selalu ditanya stadium berapa. Minta maaf, seperti pak Sutopo disebut kanker paru stadium 4B. Paru itu banyak pembuluh darah dan menyebar luar biasa cepat. Tapi kalau tumornya di daerah yang tidak ada pembuluh darah, dia agak lama," Nila memaparkan.

Karena itu, vonis kanker sangat tergantung dengan stadium. Nila mengatakan, seharusnya pasien bisa didiagnosis sebelum memasuki stadium lanjut.

"Kita harapkan malah bukan satu. Sebelum menjadi lesi kanker," tambahnya.

Di sini, masyarakat punya peran secara mandiri untuk melakukan skrining atau pemeriksaan. Nila memberi contoh kanker serviks yang bisa dideteksi dini lewat tes IVA yang dilakukan beberapa tahun sekali.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiang Tol Bogor Ring Road Runtuh, Proyek Elevated Dihentikan Sementara

Posted: 09 Jul 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku operator Tol Bogor Outer Ring Road menghentikan sementara proyek pembangunan elevated pascaruntuhnya coran kepala tiang.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) mengataksn, demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, pihak PT MSJ telah menghentikan pekerjaan sementara untuk mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama Kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan Konsultan PT Indec KSO agar kejadian yang sama tidak terjadi di waktu mendatang. Penghentian ini hanya dilakukan selama tiga hari.

"Kami menargetkan siang hari ini arus lalu lintas diupayakan dapat berfungsi normal kembali," ucap Hendro, Rabu (10/7/2019).

Saat ini, pihak MSJ telah bekerja sama dengan kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Parung dialihkan ke Simpang Yasmin lalu ke Simpang Semplak-Atang Sanjaya, begitu pun sebaliknya.

Menurut dia, runtuhnya material pada tiang disebabkan balok penyangga atau cetakan tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri.

"Peristiwa tersebut terjadi saat pengecoran pada truck mixer yang ke-22 dari total rencana 25 truck mixer," jelas Hendro.

Untuk mengidentifikasi lebih lanjut penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A, Simpang Yasmin-Simpang Semplak.

KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metoda kerja agar kejadian yang sama tidak akan terulang lagi.

 

Minta Maaf

Jasa Marga dan PT MSJ memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat kejadian ini. Jasa Marga dan PT MSJ juga akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur-unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Pantauan di lapangan, para pekerja sedang membersihkan material bekas coran yang jatuh ke badan jalan. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan dua alat berat.

Sementara itu, adanya kejadian ini jalur menuju Parung maupun arah sebaliknya ditutup dan dialihkan ke Jalan Abdullah bin Nuh-Semplak. Imbas penutupan jalan mengakibatkan ruas Soleh Iskandar-Abdullah bin Nuh macet total.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Malaysia Tahan Politikus Tersangka Kekerasan Seksual pada TKI

Posted: 09 Jul 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Perak - Kepolisian Malaysia (PDRM) telah menahan seorang politikus anggota dewan eksekutif Perak (Perak State Executive Council), tersangka kekerasan seksual kepada seorang asisten rumah tangganya sendiri, yang berasal dari Indonesia.

Korban melaporkan kasus itu sejak 8 Juli 2019. Laporan diterima oleh Departemen Kejahatan Seksual, Anak dan Perempuan Bukit Aman ACP Malaysia.

Kepala PDRM Perak, Komisaris Datuk Razarudin Husain membenarkan bahwa anggota dewan diciduk pada Selasa 9 Juli 2019 untuk dimintai keterangan perihal penyelidikan kasus.

Penyelidikan dilakukan berlandaskan pada Pasal 375 KUHP Malaysia tentang pemerkosaan.

PDRM kemudian memutuskan untuk menahan politikus itu, menyebut statusnya sebagai tersangka.

"Kemudian, demi menjamin penyelidikan berjalan mulus, kami telah menahan tersangka," lanjut Komisaris Razarudin dalam sebuah pernyataan, dikutip dari the Star, Rabu (10/7/2019).

Tersangka, yang merupakan anggota partai Democratic Action Party Malaysia (DAP), mengklaim tidak bersalah dan membantah segala tuduhan dalam sebuah pernyataan tertulis.

Belum ada perincian lebih lanjut soal kasus tersebut. Namun, Kepala PDRM Perak dijadwalkan akan memberikan keterangan pers lebih lengkap hari ini.

Pelantikan Tersangka Ditunda

Ilustrasi kekerasan seksual (Shutterstock)

Kasus itu muncul dua hari sebelum politisi itu hendak dilantik menjadi anggota dewan eksekutif Perak, yang ditunjuk secara tahunan.

Tersangka merupakan satu dari lima anggota DAP, bagian dari total 11 anggota dewan eksekutif Perak.

Politisi DAP lainnya adalah Wong Mei Ing, A Sivanesan, Paul Yong, Howard Lee dan Abdul Aziz Bari.

Namun, upacara penunjukan dewan eksekutif Perak baru, yang direncanakan berlangsung besok (11/7), telah ditunda dan akan dijadwalkan pada kemudian hari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiang Proyek Tol Lingkar Luar Bogor Ambruk, Ini Penjelasan Jasa Marga

Posted: 09 Jul 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengkonfirmasi, ambruknya kepala tiang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A Pier 109 arah menuju Parung. Kejadian ini disebabkan adanya kegiatan pengecoran beton di sekitar proyek pada pukul 05.15 WIB.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan jalan Tol Bogor Outer Ring Road, Hendro Atmodjo, menjelaskan saat proses pengecoran beton berjalan, balok penyangga (formwork/cetakan Pier Head) tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya.

"Kejadian tersebut terjadi saat pengecoran pada Truck Mixer yang ke-22 dari total rencana 25 Truck Mixer. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sebanyak dua orang pekerja mengalami luka ringan akibat material dan saat ini sudah dalam perawatan," jelas Hendro di Bogor, Rabu (10/9/2019).

 

Untuk sementara, PT MSJ telah menghentikan pekerjaan demi mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan konsultan PT Indec (Kerja Sama Operasi/KSO) agar kejadian yang sama tidak terjadi di waktu mendatang.

"Saat ini kami juga bekerjasama dengan Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Parung dialihkan ke Simpang Yasmin lalu ke Simpang Semplak/Atang Sanjaya, begitupun sebaliknya. Kami menargetkan siang hari ini arus lalu lintas diupayakan dapat berfungsi normal kembali," tuturnya.

Untuk mengidentifikasi lebih lanjut penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Simpang Semplak).

"KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metoda kerja agar kejadian yang sama tidak akan terulang lagi," pungkas Hendro.

Jasa Marga Anggarkan Belanja Modal Rp 27 Triliun Tahun Ini

Jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB dari Kedung Badak ke Yasmin sepanjang ruas 2,65 kilometer. (Dok Kementerian PUPR)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menganggarkan dana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 27 triliun pada tahun ini.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, perseroan membutuhkan belanja modal yang besar karena investasi yang masif dilakukan perusahaan sepanjang 2018.

Dia pun menjelaskan, belanja modal akan digunakan untuk menyelesaikan sekitar 5 ruas jalan tol baru. Itu antara lain Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 seperti Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran.

Lalu juga ada ruas tol Jakarta-Cikampek layang atau elevated, Balikpapan-Samarinda, Manado-Bitung dan Pandaan-Malang.

"Capex akan kita gunakan nanti sebanyak Rp 27 triliun untuk selesaikan ruas tol tadi hingga akhir tahun," jelas dia di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Sementara itu, Direktur Pengembangan Jasa Marga menjelaskan, perusahaan juga mengincar sejumlah proyek unsolicitied. Proyek tersebut seperti ruas Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang sebelumnya dikenal dengan Cigatas, tol akses Patimban dan Ciranjang-Padalarang.

"Akses Patimban sekarang sedang di-review ulang trasenya," kata dia.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2018, Jasa Marga sudah menyelesaikan tujuh ruas jalan tol baru sepanjang 318,75 km. Dengan capaian tersebut, panjang jalan tol yang telah dioperasikan Jasa Marga hingga akhir 2018 mencapai 1.000 kilometer (km).

Ketujuh jalan tol baru itu adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Segmen SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan (10,75 km), Bogor Ring Road Segmen Kedung Badak-Simpang Yasmin (2,65 km), dan Batang-Semarang (75 km).

Kemudian, Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura (32,65 km), Solo-Ngawi (90,43 km), Ngawi-Kertosono-Kediri segmen Ngawi-Kertosono (87,02 km), dan Gempol-Pasuruan segmen Rembang-Pasuruan (Grati) (20,25 km).

Jasa Marga Bagikan Dividen Rp 330 Miliar

Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A akan beroperasi secara fungsional mulai hari Senin, 24 Desember 2018 (sumber: DOK PT Jasa Marga (Persero) Tbk)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2018. Hasil RUPST, salah satunya memutuskan perseroan membagikan dividen sebesar Rp 330.390.000 sepanjang tahun 2018.

"Laba Jasa Marga 2018 yaitu Rp 2.200.000.000. Kami berikan dividen 15 persen sehingga Rp Rp 330.390.000 atau Rp 45 per lembar saham," ujar Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Adapun sebagai informasi, pada 2018, perseroan menjaga pertumbuhan EBITDA mencapai Rp 6,02 triliun atau tumbuh 9,89 persen dari tahun 2017, sedangkan margin EBITDA sebesar 61,56 persen.

Desi menambahkan, perseroan juga memutuskan adanya perubahan nomenklatur direksi perusahaan dengan masa jabatan direksi meneruskan sisa masa jabatan masing-masing.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larangan yang Harus Dipatuhi saat Beribadah Haji

Posted: 09 Jul 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Musim haji telah tiba. Kloter pertama keberangkatan calon jemaah haji 2019 asal Indonesia ke Tanah Suci sudah tiba di Madinah pada hari Senin, 8 Juli 2019. Selain persiapan yang telah dilaksanakan, ada pula larangan yang harus di perhatikan selama berhaji.

Larangan yang harus diperhatikan selama berhaji adalah Muharramat haji atau perbuatan perbuatan yang dilarang saat melaksanakan ibadah haji. Muharramat haji termasuk ke dalam wajib haji yang artinya jika dilanggar, harus membayar dam atau denda. Muharramat haji terdapat 3 kelompok larangan, satu kelompok larangan khusus perempuan, satu kelompok larangan khusus laki laki dan satu kelompok larangan khusus laki laki dan perempuan.

Dilansir dari buku Disiplin Berhaji Menuju Haji Mabrur karya H.A Tabrani Rusyan bahwa terdapat tiga jenis larangan khusus laki laki yaitu memakai pakaian berjahit, memakai sepatu yang menutup mata kaki, dan menutup kepala. Larangan tersebut juga dikuatkan dengan salahh satu hadist Bukhari dan Muslim.

"Orang yang berihram tidak boleh memakai baju, ikat kepala, topi, celana, kain yang dicelup dengan sesuatu yang harum, dan sepatu, melainkan jika tidak mempunyai terompah, maka ia boleh memakai sepatu, hendaklah sepatunya itu dipotong sampai di bawah mata kaki" (H.R Bukhari-Muslim)

Sementara itu larangan bagi wanita terdapat dua larangan yaitu berkaus tangan dan menutup muka atau menggunakan cadar. Hal tersebut terdapat pada hadist Bukhari dan Ahmad.

"Dari Ibnu Umar r.a Nabi Saw. telah bersabda 'Tidak boleh seorang perempuan yang ihram memakai tutup muka (cadar) dan tidak boleh pula memakai sarung tangan' " (H.R Bukhari-Ahmad)

Sementara itu kelompok larangan yang tidak boleh dilakukan oleh perempuan dan laki laki adalah memakai wangi wangian, memotong kuku dan mencukur atau mencabut bulu badan, sengaja memburu atau menggangu dan membunuh binatang, kawin dan mengawinkan atau meminang wanita untuk dinikahi, dilarangnya bersetubuh, dan dilarang memotong atau mencabut pepohonan.

Menurut K.H Nadjih Ahdjad dalam buku yang sama, baik dalam keadaan ihram maupun dalam keadaan halal, ada hal hal yang dilarang seperti mengganggu binatang buruan yang bukan binatang ternak, memetik,momotong atau mematahkan tumbuhan yang tumbuh karena ditanam orang lain dan memungut barang temuan, kecuali bagi orang yang akan mengumumkannya supaya diketahui dan diambil kembali oleh pemilik barang tersebut.

Tahallul

Uniknya, tampak foto Irfan Hakim dan keluarga besarnya yang laki-laki kompak dengan kepala gundul dan memakai kain Ihram. Hal ini membuktikan bahwa mereka selesai melakukan tahallul. (Instagram/irfanhakim75)

Larangan atau Muharramat dapat dilanggar atau menjadi halal ketika jemaah haji melakukan tahallul yang artinya menghalalkan atau penghalalan. Dalam ibadah haji, tahallul merupakan rukun, wajib atau muharramat tertentu yang jika dikerjakan pada waktunya maka sebagian muharramat akan menjadi halal.

Tahllul ada dua tahap, tahap pertama menghalalkan sebagian dari muharramat, sedangkan tahap kedua tahallul berarti menghalalkan sebagian muharramat lainnya. Tahallul pertama dilakukan dengan mengerjakan dua di antara tiga pekerjaan yaitu melontarkan jumrah aqabah pada tanggal 10 Dzulhijjah, bercukur atau menggunting rambut sedikitnya 3 helai rambut, tawaf kemudian diiringi dengan sa'i sesudah tawaf qudum belum sa'i.

Jika telah melakukan tahallul pertama maka halal atau boleh mengerjakan sebagian muharramat yaitu memakai pakaian berjahit, menutup kepala, menutup muka dan telapak tangan bagi perempuan, memotong kuku dan rambut, memakai wewangian, memakai sepatu, memakai minyak rambut dan berburu dan membunuh binatang liar.

Tahap tahalul kedua yaitu mengerjakan satu dari tiga perkara yang belum dikerjakan pada tahallul pertama. Jika tahallul kedua telah dilaksanakan, maka halal atau boleh mengerjakan semua muharramat haji. Sesudah itu, jemaah haji wajib melanjutkan beberapa amalan haji yang belum dikerjakan seperti tawaf ifadhah, melontar tiga jumrah dan tawaf wada'.

 

Reporter: Nabila Bilqis

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Pertemuan Sejak Liga 1: Persija Ungguli Persib

Posted: 09 Jul 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Persija Jakarta akan menjamu Persib Bandung pada laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar. Laga klasik ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Rabu (10/7/2019) sore WIB.

Ini menjadi kali pertama sejak tujuh tahun terakhir Persija bisa kembali menjamu Persib di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tak sekadar pertarungan gengsi, duel tersebut juga diprediksi berlangsung ketat. Kedua tim saat ini sama-sama sedang dalam kondisi yang kurang baik.

Persija masih berjuang bangkit dari posisi ke-14 dengan raihan lima poin. Adapun Persib berada di peringkat ke-13 dengan raihan enam angka.

Sejak Liga Indonesia berganti nama menjadi Liga 1, pertandingan ini menjadi pertemuan kelima. Sejauh ini, Persija mencatatankan dua kemenangan, sekali imbang, sedangkan Persib baru menang sekali.

Berkaca pada catatan tersebut, kemenangan yang diraih kedua tim pun hanya dengan skor tipis. Hal itu menjadi bukti laga yang mempertemukan Persib dan Persija selalu ketat.

Pada pertemuan terakhir, Persib berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Persija. Maung Bandung meraup tiga poin berkat gol Ezechiel N'Douassel (29'), Jonathan Bauman (60'-penalti), dan Bojan Malisic (90'). Adapun gol Persija Jakarta ketika itu dicetak Jaimerson Xavier (45') dan Rohit Chand (65').

Persija Dominan

Adapun secara keseluruhan, pertandingan ini akan menjadi pertemuan ke-41 sejak Liga Indonesia dimulai pada musim 1994-1995. Persija Jakarta masih dominan dengan 17 kemenangan, Persib Bandung hanya mampu meraih enam kemenangan, dan 16 laga sisanya berakhir imbang.

Persija juga punya catatan apik ketika menjamu Persib sebagai tim tuan rumah. Dalam 10 laga terakhir, Macan Kemayoran berhasil meraih empat kemenangan, lima kali imbang, dan baru kalah sekali dari Persib Bandung.

Sementara itu, laga nanti juga akan menarik karena terdapat tiga pemain Persija Jakarta yang merupakan mantan penggawa Persib Bandung. Mereka adalah Tony Sucipto (Persib Bandung 2011-2018), Maman Abdurrahman (Persib Bandung 2008-2013), dan Shahar Ginanjar (2012-2015).

Sumber: Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Wisata Kota Tua Jakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan, Penuh Sejarah

Posted: 09 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisata kota tua Jakarta tentunya menjadi salah satu tujuan utama liburan bagi wisatawan saat berkunjung ke Jakarta. Bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta tentunya sudah tidak asing lagi dengan tempat ini yang biasanya sangat ramai di hari libur. 

Wisata kota tua Jakarta menyuguhkan berbagai arsitektur bersejarah yang merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda. Kawasan ini juga sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal hingga mancanegara.

Apalagi sebagai kawasan dengan bangunan-bangunan tua, maka terdapat begitu banyak spot menarik untuk berfoto bagi semua kalangan. Hal inilah yang menambah ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke wisata kota tua Jakarta ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/7/2019) tentang wisata kota tua Jakarta

Museum Fatahillah dan Museum Bahari

Museum Fatahillah (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Museum Fatahillah

Tentunya destinasi utama dari wisata kota tua Jakarta adalah Museum Fatahillah. Dapat dikatan bahwa Museum Fatahillah merupakan ikon utama dari wisata kota tua Jakarta karena banyak sekali orang-orang yang berfoto di halamannya. Apalagi museum ini merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia dalam menncapai kemerdekaan.

Museum ini dulunya merupakan gedung balai kota yang juga sekaligus sebagai ruang pengandilan. Bahkan ada juga penjara bawah tanah. Karena itulah masih banyak barang-barang peninggalan dari zaman Belanda yang terdapat di dalam Museum Fatahillah.

Dulunya museum Fatahillah lebih terkenal disebut dengan Museum Batavia pada zaman penjajahan VOC. Jangan sampai melewatkan kunjungan ke salah satu wisata kota tua Jakarta paling ikonik ini.

Museum Bahari

Selanjutnya, kamu bisa menyinggahi Museum Bahari sebagai salah satu destinasi wisata kota tua Jakarta. Memang kebanyakan wisata kota tua Jakarta ini adalah wisata museum.

Museum bahari ini terletak di sebarang pelabuhan sunda kelapa. Bagi kamu yang merupakan penyuka hal-hal yang berkaitan dengan laut, maka tempat ini akan sangat bagus untuk dikunjungi.

Di salah satu wisata kota tua Jakarta ini, kamu bisa melihat berbagai macam perahu tradisional yang digunakan pada zaman penjajahan VOC.

Bahkan kamu juga bisa melihat berbagai koleksi biota laut hingga persebaran ikan yang ada di lautan Indonesia. Pada zaman dahulu tempat ini merupakan tempat penyimpanan hasil bumi.

Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bank Indonesia

Pelabuhan Sunda Kelapa (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelabuhan Sunda Kelapa

Wisata kota tua Jakarta berikutnya adalah pelabuhan sunda kelapa. Pada zmaan dahulu, pelabuhan sunda kelapa digunakan sebagai tempat persinggahan kapal asing, namun beralih fungsi menjadi pelabuhan untuk kegiatan berdagang. Pelabuhan ini memiliki peran sangat penting dalam menguhubungkan Indonesia dengan negara-negara lain.

Disini, kamu bisa melihat kegiatan dari kapal pinishi yang merupakan kapal angkuatn perdagangan di Indonesia. Walaupun kegiatan di pelabuhan ini mungkin tidak seramai pada zaman dahulu, namun berkunjung ke wisata kota tua Jakarta akan terasa kurang bila belum ke pelabuhan sunda kelapa ini.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia adalah gedung yang memiliki gaya khas kolonial Belanda yang akan sangat sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke wisata kota tua Jakarta. museum yang sudah berdiri sejak tahun 1828 ini merupakan peninggalan dari De Javasche Bank.

Museum Bank Indonesia merupakan tempat dimana kamu bisa melihat berbagai informasi tentang perkembangan dunia perbankan Indonesia bahkan sebelum Belanda dan Jepang datang. Kamu bisa berkeliling melihat hal-hal bersejarah dan berfoto di Museum Bank Indonesia ini.

Jembatan Kota Intan dan Museum Wayang

Museum Wayang, Jakarta. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Jembatan Kota Intan

Wisata kota tua Jakarta selanjutnya adalah Jembatan Kota Intan. Jembatan yang dibangun pada tahun 1628 ini merupakan jembatan tertua di Indonesia dan merupakan banguna yang dibangun pada masa pemerintahan VOC.

Jembatan Kota Intan merupakan jembatan gantung yang berganti nama sesuai dengan lokasi jemabatan itu berada pada masa setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Disini kamu bisa berfoto dengan latar belakang jembatan yang bernuansa zaman dulu.

Museum Wayang

Museum wayang di wisata kota tua Jakarta satu ini tidak hanya menyediakan wayang dari Indonesia saja, namun juga wayang-wayang dari negara lain seperti Thailand, Tiongkok, Kamboja, serta Suriname. Kamu juga bisa menyaksikan gelaran wayang tiap bulannya di tempat ini. Museum wayang yang telah dibangun sejak tahun 1640 ini wajib kamu kunjungi untuk menambah pemahaman tentang dunia perwayangan, seni budaya asli Indonesia.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Masih seputar museum, wisata kota tua Jakarta selanjutnya adalah museum seni rupa dan keramik. Sama dengan museum wayang, di museum seni rupa dan keramik ini kamu tidak hanya menemukam karya-karya dari Indonesia saja, namun juga bisa menemukan berbagai karya dari luar negeri seperti dari Asia serta Eropa.

Terhitung ada sekitar 350 lukisan dan 1350 jenis keramik bisa kamu lihat di museum ini. Bahkan, kamu bisa menemukan jenis keramik yang sudah sangat tua, berasal dari zaman kerajaan Majapahit pada abad ke-14. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke toko souvenir untuk membeli berbagai macam cendera mata yang menarik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Runtuhnya Tiang Proyek Tol Lingkar Luar Bogor

Posted: 09 Jul 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - PT Marga Sarana Jabar (MSJ) mengungkap penyebab jatuhnya material cor Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (10/7/2019) pukul 05.15 WIB pagi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sebanyak dua orang pekerja mengalami luka ringan akibat terkena material dan saat ini sudah dalam perawatan.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol BORR Hendro Atmodjo menjelaskan, jatuhnya material pada tiang disebabkan balok penyangga atau cetakan tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri.

"Peristiwa tersebut terjadi saat pengecoran pada truck mixer yang ke-22 dari total rencana 25 truck mixer," jelas Hendro.

Untuk mengidentifikasi lebih lanjut penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A, Simpang Yasmin- Simpang Semplak.

KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metoda kerja agar kejadian yang sama tidak akan terulang lagi.

Jasa Marga dan PT MSJ memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat jatuhnya material cor Tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Jasa Marga dan PT MSJ juga akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur-unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. 

Jalan Macet

Kepala tiang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) yang berada di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sareal, Kota Bogor, ambruk pada Rabu (10/7/2019) dini hari. (Liputan6/Achmad Sudarno)

Sebelumnya, Kepala tiang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) yang berada di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sareal, Kota Bogor, ambruk pada Rabu (10/7/2019) dini hari. Akibat kejadian tersebut Jalan Soleh Iskandar ditutup sementara.

Informasi yang didapat di lapangan, kecelakaan itu terjadi saat para pekerja sedang melakukan pengecoran tiang pancang proyek tol layang Lingkar Luar Bogor sesi 3A. Di mana tiang tersebut terdapat bracket tember yang fungsinya sebagai penyangga plat yang akan dicor.

Namun, pada saat pekerja memasukkan cor ke dalam kepala tiang pancang tersebut, tiang bracket terlepas dan jatuh sehingga seluruh material cor dan bracket tember jatuh ke bawah.

Akibat kejadian ini membuat jalur mengarah Parung maupun menuju Kota Bogor ditutup.

Imbas penutupan jalan ini menyebabkan kondisi ruas Jalan Soleh Iskandar macet total. Kendaraan dari arah Kota Bogor yang hendak menuju Parung dialihkan ke arah Semplak. Begitu juga dari arah sebaliknya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Pendatang Baru di BEI, 2 Emiten Ini Kompak Menguat

Posted: 09 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini menyambut kedatangan dua tamu baru yang melakukan Penawaran Umum Perdana (PUP) atau Initial Public Offering (IPO), yakni PT Inocycle Technology Group Tbk dan PT Arkha Jayanti Persada Tbk. Keduanya menjadi perusahaan tercatat ke-29 dan 30 pada 2019.

Dalam pembukaan sesi perdagangan Rabu (10/7/2019) pukul 09.00 WIB, saham kedua emiten tersebut kompak menghijau atau bergerak menguat.

Seperti harga saham PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) yang menghijau 49,6 persen atau naik 124 poin dari harga Penawaran Umum Perdana sebesar Rp 250 per lembar saham, menjadi Rp 374 per lembar saham.

Adapun jumlah saham INOV yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 608 juta saham baru, atau setara dengan 33,624 persen dari modal disetor dan ditempatkan perseroan. Jumlah seluruh nilai penawaran umum mencapai Rp 152 miliar.

Pergerakan serupa diikuti PT Arkha Jayanti Persada Tbk (ARKA), yang menguat 50 persen atau meningkat 118 poin menjadi Rp 354 per lembar saham dari harga penawaran Rp 236 per lembar saham.

Selama masa Penawaran Umum Perdana ini, emiten melepas sebanyak 500 juta saham baru ke publik, atau setara dengan 25 persen modal disetor dan ditempatkan perseroan

Jumlah seluruh nilai penawaran umum yang diberikan ARKA pada sesi IPO kali ini mencapai sekitar Rp 118 miliar.

2 Perusahaan Melantai di Bursa Hari Ini

Pekerja berbincang di dekat layar indeks saham gabungan di BEI, Jakarta, Selasa (4/4). Pada pemukaan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini naik tipis 0,09% atau 4,88 poin ke level 5.611,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pasar saham kembali kedatangan calon emiten baru pada pekan ini di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (10/7/2019).

Perusahaan pertama yang akan melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) ialah PT Arkha Jayanti Persada Tbk.

Perseroan diketahui bergerak di bidang industri manufaktur dan fabrikasi komponen alat-alat berat, karoseri body dump truck, konstruksi baja, fabrikasi oil & gas equipment dan jasa pengangkutan batu bara.

Pada aksi IPO, Perseroan akan menawarkan saham sebanyak 500 miliar. Adapun harga penawaran saham ditetapkan sebesar Rp236 per saham.

Manajemen mengungkapkan, seluruh dana yang diperoleh dari IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi, sebesar 70 persen akan digunakan untuk modal kerja berupa bahan baku dan bahan pembantu.

Sementara itu, 30 persen lainnya akan digunakan untuk pembayaran utang bank dan utang kepada supplier. Penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek PT UOB Kay Hian Sekuritas.

PT Inocycle Technology Group Tbk

Suasana di salah satu ruangan di kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Sebelumnya, Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon emiten kedua ialah PT Inocycle Technology Group Tbk. Rentang harga saham perdana Perseroan antara Rp240 –Rp380 per lembar.

Adapun jumlah saham yang diterbitkan sebanyak 800 juta lembar setara dengan 39,996 persen saham baru. Sementara itu, jumlah modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan adalah Rp100 per lembar.

Dengan demikian, dana yang akan dihimpun perseroan dari aksi IPO tersebut ditaksir akan mencapai Rp192 miliar hingga Rp304 miliar.

Direktur PT Inocycle Technology Group Tbk Suhendra Setiadi mengatakan, seluruh dana hasil IPO tersebut akan digunakan sekitar 40 persen untuk pembayaran hutang kepada PT Putra Kary International, 30 persen untuk pengembangan bisnis baru melalui anak perusahaan baru dalam bentuk usaha patungan.

Sementara sekitar 30 persen akan digunakan untuk menambah modal kerja perseroan guna mendukung kegiatan operasional, diantaranya untuk pembelian baku.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krzysztof Piatek Resmi Kenakan Nomor Keramat di AC Milan

Posted: 09 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyerang andalan AC Milan, Krzysztof Piatek, membocorkan jersey yang akan dikenakannya musim depan. Pemain asal Polandia itu, bahkan dengan bangga memamerkan kaos baru Milan untuk musim 2019-20.

Piatek mengumumkan bahwa ia akan mengenakan jersey AC Milan nomor 9 musim ini. Sebelumnya, Piatek mengenakan jersey bernomor punggung 19 setelah menyelesaikan transfer senilai 35 juta euro dari Genoa pada Januari lalu.

Namun, pemain berusia 23 tahun itu mengungkapkan di Instagram Story bahwa nomor barunya adalah 9. Lewat media sosial itu, Piatek memamerkan nomornya sendiri sambil menunjuk ke belakang kaosnya.

Dia juga sempat mengkonfirmasi gambar jersey Rossoneri musim 2019-20. Jersey ini berwarna hitam dengan flare merah di bagian depan dan bendera Italia di bagian belakang.

Piatek memang mampu tampil menjadi seorang penyerang berbahaya. Dalam 21 laga berseragam AC Milan di semua ajang, Piatek mampu membukukan 11 gol.

Mencuri Perhatian

Selebrasi pemain AC Milan usai Krzysztof Piatek mencetak gol pada menit ke-10 di laga perempat final Coppa Italia yang berlangsung di stadion San Siro, Milan, Rabu (30/1). AC Milan menang 2-0 atas Napoli (AP/Antonio Calanni)

Prestasi tersebut sudah cukup untuk meyakinkan AC Milan agar memberikan nomor punggung 9 kepada Piatek sejak musim anyar ini.

AC Milan awalnya mendatangkan Piatek sebagai pengganti Gonzalo Higuain yang hengkang ke Chelsea. Piatek mencuri perhatian pada paruh pertama Serie A 2018-19.

Nomor Kutukan

Presiden Genoa, Enrico Preziosi, pernah memuji penampilan mantan bintangnya itu. Bahkan, ia mendukung Piatek agar bisa mencetak 35 gol musim ini.

Piatek memilih untuk menggunakan nomor punggung 19 di AC Milan walaupun nomor 9 tidak dimiliki siapa pun setelah Higuain hengkang. Nomor 9 dianggap sebagai nomor kutukan setelah Filippo Inzaghi pensiun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tiang Tol Bogor Ambruk, Jalanan Utama Ditutup

Posted: 09 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala tiang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) yang berada di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sareal, Kota Bogor, ambruk pada Rabu (10/7/2019) dini hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Kebersamaan Chagii Amelia dengan Suami, Rayakan Anniversary Pernikahan ke-1

Posted: 09 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu beredar sebuah video viral mengenai penggerebekan salah satu bintang FTV yaitu Ridho Illahi di sebuah kamar hotel dengan seorang selebgram. Selebgram tersebut adalah Chagii Amelia.

Video yang diunggah oleh salah satu akun gosip pada Minggu (7/7/2019) ini pun menjadi viral. Ridho Illahi adalah seoarang bintang FTV yang telah memerankan puluhan judul FTV, sedangkan wanita yang disebut-sebut bersamanya saat digerebek adalah Chagii Amelia, seorang selebgram yang sudah memiliki suami.

Ridho Illahi mengakui sedang dekat dengan Chagii Amelia. Hanya saja, pemain FTV itu tak mengetahui, Chagii Amelia sudah memiliki suami.

"Di sini aku enggak tahu kalau dari awal dia punya suami. Aku bahkan sempat nge-chat tanya, 'Kamu sudah punya keluarga belum?' tetapi dia enggak jawab," kata Ridho Illahi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2019).

Suami Chagii Amelia sendiri bernama Dimas Marendraditya. Chagii Amelia dan Dimas Marendraditya telah menikah sejak satu tahun yang lalu, tepatnya 8 Juli 2018. Sesaat setelah pemberitaan penggerebekan antara dirinya dan Ridho Illahi, Chagii mengunggah momen ikrar dirinya dan suami saat menjadi suami istri satu tahun lalu.

Berikut potret kebersamaan Chagii Amelia dan suaminya Dimas Marendraditya yang Liputan6.com kutip dari Instagram @chagiiamelia, Rabu (10/7/2019)

Chagii tampil anggun gunakan gaun putih dan Dimas gunakan setelan jas.

Momen manis saat bersama suami.

Chagii Amelia dan Dimas Marendraditya suaminya (Sumber: Instagram/chagiiamelia)

Merayakan ulang tahun sang suami yang ke-36.

Chagii Amelia dan Dimas Marendraditya suaminya (Sumber: Instagram/chagiiamelia)

Liburan berasama ke Pulau Bali.

Chagii Amelia dan Dimas Marendraditya suaminya (Sumber: Instagram/chagiiamelia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Ammar Zoni Menghayati Peran Marcel di Cinta Suci

Posted: 09 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ammar Zoni memang dikenal telah membintangi beberapa judul sinetron, diantaranya Anak Jalanan, Anak Langit, sampai Cinta Suci. Berkat kepiawaiannya dalam berakting, Ammar Zoni dapat menghayati perannya.

Seperti kali ini, Ammar Zoni pun dapat menjalankan dengan baik perannya sebagai Marcel di sinetron Cinta Suci SCTV. Suami Irish Bella ini menjadikan akting bukanlah suatu pekerjaan, melainkan sebuah hobi. 

Ammar Zoni pun menikmati menjalankan perannya sebagai Marcel. Tak hanya itu, aktor berdarah Minangkabau ini juga telah melakukan observasi terlebih dahulu guna mendalami karakter yang dimainkannya.

Selain itu, Ammar Zoni juga mengajak untuk intip kesehariannya di lokasi syuting bersama sang istri. Ingin lihat keseruan mereka? Simak selengkapnya di channel SCTV di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persija Vs Persib: Jaga Harga Diri

Posted: 09 Jul 2019 08:35 PM PDT

Jakarta - Persija Jakarta dan Persib Bandung tidak ingin menanggung malu saat bentrok pada pekan ke-8 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar, Rabu (10/7/2019). Kedua tim sama-sama ingin keluar dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, dengan senyum kemenangan.

Persija dan Persib adalah rival. Perseteruan lahir dari kelompok pendukung kedua kesebelasan, The Jakmania dan Bobotoh. Dimulai dari gesekan di jalanan, lalu seringkali merembet ke atas lapangan, di mana pemain dari kedua tim seringkali terlibat kericuhan karena tensi pertandingan yang panas.

Sejak 1995 silam, kedua tim telah bertemu sebanyak 40 kali. Persija berhasil memenangi 17 partai di antaranya, dengan Persib hanya tujuh kali mencuri poin penuh dan 16 laga lainnya berakhir imbang.

Persija berpeluang memperkukuh superioritas terhadap Persib pada pertemuan sore nanti. Target tiga poin bagi tim berjulukan Macan Kemayoran itu tak dapat ditawar lagi.

"Saya sangat tahu tentang rivalitas, tapi rivalitas kami hanya di lapangan saja, dan tugas saya di tim Persija adalah mengatur strategi bagaimana kita memenangi pertandingan, karena itulah target kami," ujar pelatih Persija, Julio Banuelos saat konferensi pers pralaga, Selasa (9/7/2019).

"Soal rivalitas itu di luar, yang penting di lapangan kami fokus, dalam tim kerja sama, persiapan sudah maksimal, target kami adalah memenangkan pertandingan, itu saja," imbuh pelatih Persija asal Spanyol itu.

Harga Diri Persib demi Bobotoh

Pemain Persib Bandung saat menjalani sesi latihan di SUGBK, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Persib siap memberi kejutan saat menghadapi Persija Jakarta pada pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019. (Bola.com/Yoppy Renato Manalu)

Demi Bobotoh, Persib berjanji akan tampil mati-matian mengadang Persija. Kalau tak menang, hasil imbang pun bakal disyukuri oleh tim dengan sebutan lain Pangeran Biru itu.

"Kami menunggu laga besar di sepak bola Indonesia. Kedua tim akan bermain dan menjadi laga bagus. Kami sangat tidak bagus dalam beberapa laga sebelumnya, kami kalah di laga terakhir. Kami akan mencoba yang terbaik untuk meraih terbaik demi tiga poin," tutur Robert Rene Alberts, arsitek Persib.

Robert punya pengalaman kurang menyenangkan ketika bersaing dengan Persija. Sewaktu menangani PSM dan berpeluang merebut gelar juara musim lalu, arsitek asal Belanda ini ditikung tim ibu kota pada dua pekan terakhir kompetisi.

"Saya sangat menghormati Persija, mereka bertarung sampai akhir musim lalu dengan saya di PSM. Banyak pemain bagus dan mantan pemain saya juga seperti Steven Paulle," ujar Robert Alberts.

"Keseimbangan Persija bagus, situasinya akan beda, mereka punya tradisi hebat, harapan saya laga bakal imbang sehingga semua orang bisa menikmatinya. Kami fokus ke laga dan semoga semua orang menikmati laga," ujarnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dany Saputra (belakang); Tony Sucipto, Rohit Chand, Bruno Matos (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos

Persib Bandung (4-2-3-1): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus (belakang); Hariono, Kim Kurniawan, Febri Hariyadi, Rene Mihelic, Esteban Vizcarra (tengah); Ezechiel N'Douassel (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Militansi Tinggi, Eks ISIS Perempuan Butuh Penanganan Khusus

Posted: 09 Jul 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, akan ada proses penilaian terhadap mantan kombatan ISIS yang bakal dipulangkan.

"Prosesnya itu melalui proses asesment yang begitu clear, karena sebagian besar untuk warga Indonesia yang berada di pengungsian di antara perbatasan Suriah dan Iraq itu wanita," ujar Dedi di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Penilaian itu, kata Dedi untuk mengetahui sejauh mana individu tersebut terpapar radikalisme. Menurut Dedi, perempuan eks ISIS butuh penanganan khusus dalam program deradikalisasi. Salah satu alasannya karena perempuan memiliki tingkat militansi yang tinggi.

"Maka yang ditangankan khusus kasus-kasus yang perempuan, demikian juga yang di BNPT juga sama untuk deradikalisasi untuk perempuan dan anak yang nangani juga perempuan karena chemistry-nya dapet," kata dia.

Dedi mengatakan, program deradikalisasi itu wajib diikuti semua anggota eks ISIS yang kembali ke Indonesia. Kalau tidak ikut dalam program deradikalisasi, kata dia, semua negara juga menolak individu tersebut.

"Bahkan ada beberapa negara di Amerika dan Eropa mencabut hak kewarganegaraannya, karena kalau sudah dewasa itu tingkat terpapar paham radikalisme yang ekstrem itu akan sulit untuk mengikuti program deradikalisasi," jelasnya.

Ditangani BNPT

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan kesiapannya memimpin tim untuk memulangkan keluarga mantan anggota ISIS dari Suriah. Tentunya hal tersebut akan dilakukan setelah adanya keputusan dari pemerintah.

"Keputusan belum ada, tapi kami sudah mulai melihat dan menginventarisasi berbagai hal terkait masalah itu," kata Kepala BNPT, Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius di Jakarta, Selasa (10/7/2019).

Dia mengungkapkan, sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam penanggulangan terorisme di Indonesia, BNPT akan memberikan saran terkait pemulangan keluarga mantan anggota ISIS.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kedekatan Joe Taslim dengan Istri dan Anak yang Selalu Kompak

Posted: 09 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Joe Taslim selama ini dikenal dengan kemampuan beraksi dalam sejumlah film. Enggak heran kalau setelah main di film THE RAID, ia lantas mencuri perhatian para produser di industri Hollywood. Sejumlah film sudah ia bintangi, salah satunya franchise FAST AND FURIOUS. 

Setelah malang melintang dalam dunia industri Hollywood, pria bernama lengkap Johannes Taslim ini kembali terpilih memerankan satu karakter legendaris superkuat dari game Mortal Kombat. Warner Bros sepakat untuk mempercayakan peran Sub Zero di film Mortal Kombat kepada Joe Taslim.

Namun, meskipun Joe Taslim dikenal sibuk bekerja di luar negeri namun ia selalu menyempatkan waktu berkumpul bersama istri dan anak-anaknya. Tak jarang Joe Taslim membagikan potret kedekatan ia bersama istri dan anaknya saat berlibur bersama.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 7 Potret kedekatan Joe Taslim dengan Istri dan anak yang selalu kompak, Rabu (10/7/2019).

1. Joe Taslim menikah dengan seorang perempuan bernama Julie Taslim

5. Ketiga anaknya bernama Mikaveli Taslim, Hiero Joe Taslim dan Kaara Ofelia Taslim

View this post on Instagram

Love them so much 😘 📸 @avelinegunawan

A post shared by Ju-Li Taslim (@julietaslim) on

6. Meskipun Joe Taslim sibuk, ia selalu menyempatkan waktu untuk bertemu dan berlibur bersama anaknya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Diprediksi Bakal Temukan Bek Berkualitas dari Akademi MU

Posted: 09 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Mantan bek Manchester United (MU) Wes Brown yakin Ole Gunnar Solskjaer bakal menemukan talenta baru di lini belakang dari akademi klub.

Solskjaer sudah memberikan Tahith Chong, James Garner, dan Mason Greenwood sejak menjadi manajer MU. Namun, belum ada pemain bertahan yang tampil.

Hal ini melanjutkan tren yang berlangsung selama 12 tahun. Tidak ada lulusan akademi MU yang mampu menjadi anggota reguler tim utama sejak Jonny Evans melakukannya pada 2007.

"Saya tidak tahu mengapa ini terjadi. Berbagai faktor berperan. Kadang manajer tidak memberi kesempatan, sehingga ketika ada yang diturunkan, mereka harus memanfaatkannya sebaik mungkin," ungkap Brown.

"Kita sudah lihat kebijakan Solskjaer meski belum ada bek yang bermain. Meski harus diakui, posisi itu sangat sulit ketimbang gelandang atau penyerang. Jika bek melakukan kesalahan, mereka bakal dihukum dan tidak diturunkan lagi," sambungnya.

Jejak Bek dari Akademi MU

Wes Brown (kanan) ketika membela MU. (AFP/Paul Ellis)

Brown merupakan salah satu bek lulusan akademi MU. Debut pada 1998, dia kemudian memperkuat The Red Devils pada 362 pertandingan. Selain Brown dan Evans, alumni akademi MU lainnya dalam tiga dekade terakhir adalah Neville bersaudara Gary dan Phil, John O'Shea.

Sementara beberapa nama tidak mendapat kesempatan dan bersinar di tempat lain, yakni Michael Keane dan Ryan Shawcross. Yang lain meredup meski sempat diturunkan, mencakup Paddy McNair dan Tyler Blackett.

"Hal terbaik dengan kehadiran Ole adalah dia akan selalu berpaling ke akademi jika merasa ada yang pantas membela tim utama," kata Brown.

Potensi Tuanzebe

Akademi MU sebenarnya menghasilkan beberapa pemain belakang berpotensial sejak Sir Alex Ferguson pada 2013. Mereka tengah dititipkan di tempat lain agar mendapat pengalaman bermain, yakni Cameron Borthwick-Jackson, Timothy Fosu-Mensah, dan Axel Tuanzebe.

Musim depan, Solskjaer mengindikasikan bakal memberi kesempatan Tuanzebe membela tim utama The Red Devils.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ITS Terima 1.602 Mahasiswa dari Jalur SBMPTN 2019

Posted: 09 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima calon mahasiswa dari jalur Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuK tahun akademik 2019/2020. Dari hasil pengumuman seleksi SBMPTN, ITS menerima 1.602 peserta.

Kasubdit Penerimaan Mahasiswa ITS, Unggul menuturkan, pendaftar lewat jalur SBMPTN 2019 mencapai 14.165. Dari pendaftar tersebut hanya 1.602 peserta yang diterima. Ada sembilan fakultas yang dibuka untuk program SBMPTN 2019 antara lain fakultas sains, fakultas teknologi industri, fakultas teknik sipil, lingkungan dan kebumian (FTSLK), fakultasn teknologi kelautan (FTK), fakultas teknologi informasi dan komunikasi (FTIK), fakultas matematika, komputasi dan sains data (FMKSD), fakultas teknologi elektro, fakultas arsitektur, desain dan perencanaan (FADP) , dan fakultas bisnis dan manajemen teknolgi (FBMT).

"Peserta yang diterima 1.602," ujar Unggul saat dikonfirmasi Liputan6.com lewat pesan singkat, Rabu (10/7/2019).

Ia menuturkan, dari peserta yang diterima tersebut memang termasuk peminat beasiswa bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Namun, Unggul belum dapat memastikan jumlah peserta Bidikmisi yang diterima.

Unggul mengimbau, bagi peserta yang lulus SBMPTN 2019 ITS untuk memperhatikan tanggal dan persyaratan daftar ulang. Para peserta dapat melihat daftar ulang di smits.its.ac.id. Untuk pendaftaran ulang dilakukan pada 16-19 Juli 2019.

Kapal Robot ITS Sukses Tuntaskan Misi di AS

Kapal Robot ITS Sukses Tuntaskan Misi di Amerika Serikat

Sebelumnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membuat dunia terpukau setelah Tim Barunastra ITS sukses menjuarai ajang International Roboboat Competition (IRC) 2019 di Florida, Amerika Serikat (AS) yang berakhir Minggu 23 Juni 2019 malam waktu setempat.

Dengan demikian, Tim Barunastra ITS berhasil mempertahankan gelar juara dunia yang diraihnya tahun lalu di ajang dan tempat yang sama.

Sebelum sukses bertanding dalam final bersama empat tim lainnya, setiap tim kapal robot (roboboat) ini terlebih dahulu harus menjalani babak uji coba (Trial) dan babak kualifikasi. Dalam babak kualifikasi tersebut diikuti total peserta sebanyak 13 tim dari universitas dari berbagai negara.

Lead Official Tim Barunastra ITS, Sabillah Margirizki menjelaskan, di seluruh babak setiap kapal robot ini diharuskan menyelesaikan secara mandiri pada lima misi yang berbeda. Misi pertama bernama Autonomous Navigation. Dalam misi ini, kapal robot diharuskan untuk masuk dan keluar pintu yang sudah ditentukan secara otomatis dalam danau yang dijadikan ajang lomba.

Masih dalam danau yang sama, berikutnya kapal robot itu melakukan misi Speed Challenge. Kapal robot ini memasuki rintangan dan berputar balik di titik tertentu.

"Kecepatan kapal perlu sangat diperhatikan dalam babak ini," tutur mahasiswa yang akrab disapa Sabil ini dalam keterangan yang dikirimkan melalui pesan daring, Selasa, 25 Juni 2019.

Selanjutnya, misi yang ketiga yaitu Automated Docking. Dalam misi ini, setiap kapal robot diharuskan menangkap frekuensi yang keluar dari tempat sandaran dan kapal robot itu harus mampou bersandar pada tempat yang memancarkan frekuensi itu.

Misi berikutnya bernama Raise the Flag. Dalam misi ini terdapat semacam tujuh segmen yang menghadap ke langit dan menampilkan angka satu, dua, tiga, atau empat. Drone yang ada di atas kapal harus terbang secara otomatis untuk membaca angkanya. Kemudian data dikirim ke kapal dan kapal harus bersandar di nomor satu, dua, tiga, atau empat sesuai info yang diperoleh dari drone.

Berikutnya, pada misi berakhir yang bernama Find the Path yang mengharuskan kapal robot untuk masuk ke rintangan dari banyak bola dan memutari balik suatu titik yang kemudian keluar lagi dari rintangan berbagai bola itu.

Mahasiswi Departemen Statistika ITS tersebut juga mengungkapkan ketika babak kualifikasi Tim Barunastra sukses berada di posisi pertama dengan poin 4.000 lebih. Poin tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan tim yang berada pada posisi kedua yang hanya memperoleh sebanyak 1.034 poin.

Sabil juga mengaku, selama tahap uji coba terdapat beberapa kesulitan yang dialami oleh Tim Barunastra. "Salah satunya ketika drone kita sempat jatuh ke air karena adanya delay waktu," kata perempuan berhijab tersebut.

Seketika pada hari itu juga, lanjut Sabil, tim langsung membeli semua komponen drone yang rusak dan merakitnya ulang. Hal itu menjadikan Tim Barunastra tidak berani menerbangkan drone ketika babak kualifikasi.

"Namun, setelah melihat beberapa tim yang unggul dengan drone mereka, kita benar-benar mengusahakan untuk dapat menerbangkan drone ketika final," ucap mahasiswi angkatan tahun 2016 ini.

Selain hal itu juga, menurut Sabil, kompetisi ini juga mensyaratkan seluruh tim untuk membuat paper, website, media sosial (medsos), mengunggah video tim untuk media branding tim, dan lain sebagainya. Dari penilaian semua itu, Sabil menyebutkan bahwa Tim Barunastra berhasil menduduki posisi ketiga.

Hasil ini juga menunjukkan Tim Barunastra telah sukses mempertahankan posisi gelar dunianya pada kompetisi di tahun sebelumnya yang juga berhasil meraih juara pertama. Memang sejak tahun 2016, Tim Barunastra ITS selalu tampil gemilang dan menghasilkan hasil yang memuaskan.

 

Siapa Saja yang Juara?

Secara berturut-turut peringkat dalam kompetisi dunia ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat 1), Embry Riddle Aeronautical University – AS (peringkat 2), Universitas Indonesia (peringkat 3), Hagerty High School - AS (peringkat 4) dan VTEC – Meksiko (peringkat 5).

Sementara, peserta lainnya antara lain berasal dari University of Michigan – AS, Georgia Insitute of Technology Aerospace – AS, University of Lusiana – AS, Florida State University – AS, Universitas Diponegoro (Undip), University of Puerto Rico, University of Colorado – AS, dan Military Technical College – Mesir.

Keberhasilan itu tentunya membuat bangga baik bagi ITS maupun bangsa Indonesia dan sekaligus membawa nama baik tim di kancah internasional. Oleh karena itu, wajar saja jika Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston sebelumnya sempat menjenguk Tim Barunastra di lokasi ketika perlombaan.

"Percaya bahwa sebuah pencapaian pasti diraih dengan usaha, nothing worth having comes easy," ujar Sabil yang sekaligus mewakili ungkapan Tim Barunastra ITS atas perolehan membanggakan ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Pengembang, BRI Tawarkan Kredit Kepemilikan Unit Perkantoran

Posted: 09 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT BRI (Persero) Tbk bersama perusahaan pengembang properti PT Grage Trimitra Usaha (GTU) menawarkan kredit kepemilikan ruang perkantoran. Program ini merupakan guna mempermudah pelaku bisnis untuk memiliki ruang perkantoran yang dikembangkan oleh GTU di The SIMA Office Tower.

Vice President PT BRI Kantor Wilayah Jakarta 2, Cendria Tj. Tasdik mengatakan, sistem Kredit Pemilikan Office (KPO) ini merupakan salah satu implementasi dari consumer credit yang kini mulai dikenal secara luas di masyarakat.

Dia menjelaskan, jika sebelumnya masyarakat lebih dahulu mengenal adanya Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari perbankan, sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi, consumer credit diperluas lagi dengan adanya KPO, Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), Kredit Pemilikan Kendaraan Bermotor (KPKB), sampai kredit untuk para pekerja yang langsung dikenakan melalui sistem pemotongan gaji.

 

"Kredit yang di BRI dinamakan Kredit Multiguna ini dapat dipergunakan baik oleh seluruh pegawai negeri maupun swasta, termasuk juga oleh para anggota TNI dan POLRI," ujar dia di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Sementara itu, pihak perbankan kini juga lebih banyak membuka peluang atau terobosan kerjasama baru sebagai bentuk inovasi, terutama dalam bidang kredit konsumsi. Untuk dapat memulainya sebagai langkah awal kerjasama, diperlukan inisiatif agar dapat membuka keran kerjasama yang saling mendukung. Salah satunya adalah seperti kerjasama yang dilakukan dengan PT GTU sebagai bagian dari perusahaan properti TJS Land.

Direktur Utama PT GTU Ray Rumawas menyatakan, dalam kerjasama KPO ini, disepakati kedua belah akan saling mendukung dalam upaya penjualan ruang perkantoran The SIMA, dalam bentuk fasilitas kepemilikan unit kantor. Sebelumnya di awal Maret 2019, kedua belah pihak juga menjalin kerjasama serupa, dalam upaya pemilikan dan sewa apartemen The IZZARA.

Fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) IZZARA didukung dengan gimmick berupa suku bunga 5,25 persen selama dua tahun pertama masa kredit. Saat ini IZZARA mengadakan promosi terbatas dengan memberikan Cashback DP sebesar 15 persen. Jadi pembeli hanya perlu membayar DP sebesar 5 persen, dan bisa langsung akad kredit dengan unit yang siap huni atau disewakan.

Sementara nantinya untuk KPO The SIMA dengan BRI, direncanakan dalam bentuk potongan harga (diskon) uang muka bagi sejumlah pembeli pertama unit ruang kantor, di mana diskon tersebut akan ditanggung pihak developer. 

"Menjual atau menyewakan ruang perkantoran, berbeda tantangannya dengan menjual atau menyewakan unit apartemen. Kendati kini Apartemen The IZZARA telah terjual lebih dari 80 persen, tetapi berbeda dengan penjualan ruang perkantoran. Kami optimistik dengan sudah adanya kepastian kondisi yang kondusif di bidang politik dan ekonomi, sehingga pasar properti khususnya di bidang ruang perkantoran akan dapat bangkit kembali menggeliat tahun ini," jelas dia.

 

Perkuat Layanan Selangkah Lagi Bank BRI Miliki Asuransi Umum

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto. (Stella Maris).

Rencana PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. untuk memiliki  anak usaha yang bergerak di bidang Asuransi Umum selangkah lagi terwujud. Hal ini dikarenakan proses akuisisi Bank BRI terhadap PT. Bringin  Sejahtera Artha Makmur (BRINS)  sudah mencapai Conditional Sales and Purchase Agreement (CSPA) alias Perjanjian Pengikatan Jual Beli Bersyarat (PPJB). Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto di Jakarta (21/06). 

"Dengan hadirnya BRINS yang bergerak di bidang Asuransi Umum tentu akan semakin melengkapi layanan keuangan yang dimiliki oleh BRI Group," ujarnya. 

Saat ini Bank BRI telah memiliki 7 perusahaan anak yang tergabung dalam  BRI Group diantaranya BRI Syariah, BRI Agro, BRI Life, BRI Finance, BRI Ventures, BRI Remittance dan Danareksa Sekuritas. 

Dalam proses akuisisi ini, Bank BRI akan mengambil alih kepemilikan 90% saham BRINS dengan nilai Rp 1,04 Triliun atau setara  dengan 1,6 kali book value dan diperkirakan seluruh proses akan rampung pada  September 2019.

"Peluang pertumbuhan asuransi umum di Indonesia masih terbuka. Rasio Premi Bruto per PDB Indonesia berada di kisaran 0. 5% dibandingkan dengan negara ASEAN lain yang di atas 1%. Melalui perpaduan antara peluang pertumbuhan  yang besar serta potensi integrasi atau sinergi dengan BRI baik dari sisi revenue maupun  cost, transaksi ini diharapkan dapat meningkatkan value BRI ," ungkap Suprajarto. 

BRINS merupakan anak usaha  Dana Pensiun BRI yang bergerak di bidang asuransi umum. Hingga akhir Desember 2018, BRINS membukukan laba Rp 141 Miliar, aset Rp 2,39 triliun dan pertumbuhan premi bruto tahunan pada kisaran 15%.

Bidik Bisnis Remitansi, Bank BRI Sukses Bukukan Transaksi Rp 218 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk semakin gencar membidik bisnis pengiriman uang dari luar negeri atau remitansi. Gencarnya perseroan ke bisnis remitansi karena potensi yang besar, yakni dapat meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) serta pendapatan dari jasa pengiriman atau fee based income. Sampai dengan Mei 2019 Bank BRI mencatatkan total volume transaksi remitansi sebesar Rp 218 triliun. Nilai ini tumbuh sebesar 14 % secara year on year (yoy).

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto mengatakan, transaksi tersebut menghasilkan komisi atau Fee Based Income (FBI) sebesar Rp 41,6 miliar.

"Hingga Mei 2019 transaksi Incoming TKI dari Malaysia menjadi penyumbang terbesar fee based remitansi BRI yang nilainya mencapai Rp 17,01 miliar dengan volume remitansi Rp 5,08 triliun," imbuhnya.

FBI Incoming Remittance dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mempunyai porsi paling besar. Sampai Mei 2019 Bank BRI mencatatkan FBI sebesar Rp 34,16 milyar dengan total volume transaksi Rp 12,79 triliun yang berasal dari TKI di berbagai negara. Malaysia, Taiwan, Korea, Jepang, Hongkong, Taiwan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Perseroan optimistis pasar remitansi masih memiliki prospek bisnis yang cukup bagus tahun ini dan diproyeksikan dapat terus tumbuh siginifikan.

"Dengan jaringan counterpart di luar negeri dan jaringan unit kerja yang tersebar luas, kami yakin bisa mencatatkan pertumbuhan fee based income dari remitansi mencapai Rp 140 miliar di akhir tahun ini," jelas Bambang.

Saat ini terdapat 9.545 outlet yang terdapat di 69 Counterpart Bank BRI yang tersebar di berbagai negara. Negara-negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Qatar, Bahrain, Singapura, Brunei, Kuwait, Yordania, Australia, Timor Leste, serta negara-negara yang merupakan kantong TKI yakni Malaysia, Taiwan, Korea, Jepang, Hongkong, Taiwan, Uni Emirat Arab, Arab Saudi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gana-gini Rp536 Triliun, Jeff Bezos Tetap Terkaya di Dunia

Posted: 09 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Amazon.com Jeff Bezos tetap menjadi orang terkaya di dunia meskipun baru bercerai dan harus memberikan harta gana-gini kepada mantan istrinya sebesar Rp536 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: