Rabu, 17 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menperin Minta Gaikindo Ekspor 350 Ribu Mobil Tahun Ini

Posted: 17 Jul 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyoroti target ekspor yang ditetapkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di tahun ini. Menurut dia, target ekspor 300 ribu unit mobil yang dipatok asosiasi terlampau kecil.

"Industri otomotif ini produksinya sudah 1,2 juta unit. Produksi ini targetnya 300 ribu (ekspor). Ini target kecil sebenarnya. Karena naiknya hanya 10 persen," kata dia, dalam pembukaan 'GIIAS 2019', di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7).

Menurut dia, seharusnya target ekspor Gaikindo bisa lebih tinggi dari angka yang telah dipatok. Pihaknya mematok target ekspor mobil sebesar 350 ribu unit.

"Kami targetkan sebetulnya kalau prinsipalnya mendukung ini 350 ribu gampang," ungkapnya.

Airlangga optimistis target tersebut dapat dicapai dengan mudah. Mengingat kapasitas produksi mobil yang akan terus meningkat serta adanya kerja sama perdagangan dengan negara-negara tetangga.

"Kapasitas (produksi) kita bisa 2 juta. Apalagi kita sudah FTA dengan Australia. Tentu mudah untuk kita capai," tandasnya.

Sebelumnya Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, pada 2018 Indonesia berhasil mencatatkan ekspor mobil secara utuh (CBU) sebesar 264.553 unit. Angka ini tumbuh 14,44 persen jika dibandingkan 2017.

Hingga Mei 2019, pertumbuhan ekspor tercatat sebesar 20 persen. Untuk keseluruhan di 2019, pihaknya menargetkan bakal mengekspor 300 ribu unit mobil.

"Kita melihat ekspor kita tumbuh dengan pesat. Yang keluar negeri (ekspor mobil) jalan dengan baik. Tahun 2018 tumbuh sekitar 14 persen dibandingkan tahun 2017. Tahun 2019 ini tumbuh hampir 20 persen dibandingkan 2018, sampai bulan Mei. Nah mudah-mudahan sampai akhir tahun, kami menargetkan kalau bisa ekspor sekitar 300 ribu," kata dia, saat ditemui, di Jakarta.

   

Peluang Terbuka Lebar, SUV Toyota Indonesia Siap Diekspor ke Australia

Ekspor kendaraan bermerek Toyota di bulan pertama 2015 menembus angka 15.000 unit atau naik  53 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Perjanjian kerjasama ekonomi komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) sudah ditandatangani. Dengan kesepakatan kedua negara tersebut, diharapkan mampu membuka lebih lebar peluang menggenjot ekspor kendaraan menuju Negeri Kanguru.

Sebelumnya Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto menjelaskan, pasar ekspor ini bisa membuka tambahan pasar kendaraan hingga 1,2 juta unit sampai 1,5 juta unit hingga 2025 mendatang.

Selain itu, pasar ini tidak hanya untuk mesin konvensional, tapi juga kendaraan listrik, mulai dari hybrid, plug-in hybrid, dan listrik penuh.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, untuk ekspor ke Australia ada yang harus dipersiapkan.

Meskipun begitu, untuk syaratnya sendiri memang sudah dipenuhi oleh raksasa asal Jepang tersebut.

"Ada satu hal yang harus dilihat, meskipun lokal konten oke, dan model yang cocok. Harus dipenuhi, safety Euro standart karena berbeda sedikit. Namun, karena Toyota (prinsipal) juga sudah ekspor ke Australia, tidak masalah," ujar Warih di sela-sela perhelatan IIMS 2019, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4).

Lanjutnya, meskipun begitu, standar keselamatan untuk Australia sejatinya tidak sulit. Pasalnya, sudah diimplementasikan di kendaraan Toyota. Meskipun, ada yang harus dipersiapkan untuk model yang ada.

"Model SUV memang paling cocok. Model Toyota kan banyak, dan juga termasuk electric vehicle, tidak hanya konvensional," pungkasnya. 

Mobil DFSK Produksi Cikande Mulai Diekspor Tahun Ini

DFSK Glory 580

Liputan6.com, Jakarta - PT Sokonindo Automobile (DFSK) Indonesia mulai menargetkan penjualan yang cukup tinggi di Indonesia. Tidak main-main, pabrikan asal Cina ini berharap mampu menjual 12 ribu unit kendaraannya tahun ini, dengan mengandalkan berbagai model andalannya, seperti Glory 580 dan Glory 560.

Dijelaskan Managing Director of Sales Centre of PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, target tersebut cukup realistis dengan ditunjang pertumbuhan pasar otomotif per tahunnya yang berada di kisaran lima persen.

"Sejumlah langkah sudah dipersiapkan untuk mencapai target tersebut, mulai dari menghadirkan kendaraan-kendaraan berkualitas yang andal, jaringan yang luas mencakup diberbagai daerah seluruh Indonesia, sampai ekspor ke Asia," jelas Franz Wang melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (15/4/2019).

Selain penjualan di dalam negeri, tahun ini DFSK juga sudah mempersiapkan unttuk menjual kendaraan ke pasar Asia lainnya.

Mengingat pabrik yang berada di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten memiliki kapasitas produksi maksimal 50 ribu unit per tahun.

Fasilitas ini sedari awal memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan produksi di dalam negeri, dan menjadi basis produksi untuk pasar Asia.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenristekdikti Ingin Ciptakan Brand Nasional di NEST 2019

Posted: 17 Jul 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Derania untuk menyelenggarakan National Expo for Science and Technology Tahun 2019 (NEST 2019).

NEST 2019 sendiri merupakan multi event yang terdiri dari pameran produk, pameran poster, pameran virtual, penganugerahan, rakornas, seminar, talkshow, perlombaan, dan demo produk.

Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati menjelaskan, semua produk yang diikutkan dalam event tersebut adalah hasil riset unggulan dan berpotensi menjadi brand nasional.

"NEST bertujuan untuk meningkatkan budaya riset melalui pemberian penghargaan kepada pelaku Iptek, pameran hasil penelitian dan pengembangan, serta kerjasama antar stakeholders Iptek agar hasil penelitian dan pengembangan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri," tutur Dimyati saat peluncuran NEST 2019 di Gedung D, Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Dia menjelaskan, hasil penelitian dan pengembangan (litbang) yang ditampilkan adalah yang terbaik selama lima tahun terakhir. Menurutnya, penting bagi Indonesia untuk terus melakukan riset, sehingga bisa dilirik para investor untuk berinvestasi.

Sebab, hasil riset identik dengan aset tak berwujud.

"Saat ini, aset dunia didominasi oleh aset tak berwujud, perbandingannya 70% aset tak berwujud sedangkan 30% aset berwujud," papar Dimyati.    

"Pameran (NEST 2019) merupakan salah satu wadah yang paling efektif untuk mempresentasikan hasil dari suatu bidang kegiatan, termasuk riset," sambungnya.

 

Diselenggarakan September

Pameran NEST 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 September 2019 di Jakarta Convention Center (JCC). Selain pameran, NEST 2019 juga menyelenggarakan Penganugerahan Riset dan Pengembangan yang bertujuan untuk memacu pelaku Iptek untuk meningkatkan produktivitas.

Anugerah yang diberikan meliputi Sinta Awards yang memberikan penghargaan kepada penulis artikel ilmiah dan pengelola jurnal terbaik.

Kemudian, ada anugerah penelitian, anugerah pengabdian kepada masyarakat, anugerah pengembangan teknologi industri, anugerah mitra kerja penelitian asing, dan dengan anugerah kekayaan intelektual.

Saat ini, beberapa instansi sudah mengonfirmasi keikutsertaan dalam NEST 2019, diantaranya adalah Kemenristekdikti, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Institut Pertanian Bogor (IPB), CTECT Edwar Tech Lab, dan PT. Regio Aviasi Industri (PT. RAI).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengecat Tembok Lama dengan Berbagai Kondisi, Cocok untuk Pemula

Posted: 17 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecat tembok kerap dibutuhkan oleh beberapa orang yang ingin mendapatkan kondisi atau nuansa ruangan yang baru. Bagi profesional, mungkin tidak ada kendala untuk mengerjakan hal ini. Namun, buat kamu yang ingin mengganti warna cat ruangan tanpa bantuan orang yang ahli, pasti membutuhkan panduan yang tepat untuk mengecat tembok lama.

Pasalnya, ada beberapa langkah yang berbeda dalam proses pengecatan untuk tembok lama dan baru. Pada tembok lama kerap memiliki beberapa kondisi tertentu yang tentunya membutuhkan teknik beserta langkah yang berbeda dengan pengecatan tembok baru.

Kondisi tembok lama perlu kamu perhatikan untuk nantinya mendapatkan hasil cat baru yang prima. Nah, buat kamu yang masih pemula dalam hal ini, tak perlu khawatir. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara mengecat tembok lama, Kamis (18/7/2019).

Periksa Kondisi Cat Tembok Sebelum Dicat

Tembok Lama  / Sumber: iStockphoto

1. Periksa secara fisik, apakah ada bagian cat yang rusak secara kasat mata.

Kondisi cat tembok yang rusak seperti mengelupas, mengapur, berubah warna, atau terdapat kerusakan lainnya. Bila kamu menemukan kondisi tersebut, ada baiknya untuk mengupas cat lama terlebih dahulu hingga bersih.

2. Lakukan tes gosok dengan menggunakan tangan pada beberapa titik.

Apabila warna cat menempel di tangan, itu menandakan cat lama sudah mengapur dan sebaiknya perlu dikupas terlebih dahulu.

3. Lakukan tes basah dengan menyemprotkan air ke tembok selama 5-15 menit.

Apabila muncul gelembung, ini menandakan cat lama sudah mengapur dan sebaiknya dikupas.

Apabila cara pengecekan tersebut tidak terjadi pada cat tembok yang lama, menandakan kondisi cat tersebut masih bagus. Untuk melakukan cat ulang pada tembok yang lama, maka kamu hanya perlu membersihkan permukaan tembok dari debu dan kotoran yang menempel dengan cara diampleas ambang hingga permukaan cat terlihat bersih. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan proses pengecatan.

Persiapkan Alat dan Bahan untuk Mengecat

Alat dan Bahan untuk Mengecat  / Sumber: iStockphoto

Apabila kondisi cat lama kamu tak perlu melakukan pengelupas terlebih dahulu, maka kamu sudah bisa melanjutkan langsung proses pengecatan tembok lama. Berikut ini cara mengecat tembok lama yang benar, cocok buat kamu yang masih pemula:

Persiapkan Alat dan Bahan untuk Mengecat

Cara mengecat tembok lama pertama dan utama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Pada proses pengecatan, ada cukup banyak alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan kamu dalam mengecat permukaan tembok lama.

Alat-alat yang umum digunakan untuk mengecat seperti kuas, roller, spons, kape, gayung, ember, Koran bekas, dan tangga. Setelah itu, siapkan juga bahan-bahan yang dibutuhkan seperti cat tembok, paint remover, air, dan deterjen. Pastikan kamu untuk melengkapi semua alat dan bahan ini agar proses pengerjaan menjadi lebih mudah.

 

 

Membersihkan Cat Tembok yang Lama

Membersihkan Cat Tembok Lama  / Sumber: iStockphoto

Cara mengecat tembok lama berikutnya adalah dengan memastikan kondisinya sudah bersih. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu hanya perlu mengelupas cat tembok lama apabila tembok kamu mengalami beberapa kondisi yang telah dijelaskan tadi.

Apabila cat tembok lama kamu tak mengalami beberapa masalah serius, kamu hanya perlu cukup membersihkannya dari debu dan kotoran. Pastikan juga kamu telah melepaskan seluruh hiasan tembok yang menempel.

Aplikasikan Plamur sebagai Lapisan Dasar

Pemberian Plamur  / Sumber: iStockphoto

Cara mengecat tembok lama selanjutnya adalah dengan melapisinya dengan plamur. Hal ini berguna untuk meratakan kembali tembok yang tidak rata. Selain meratakannya kembali, plamur juga berfungsi untuk memperkuat ikatan antara lapisan cat dengan bidang tembok.

Umumnya plamur berwarna putih dan kamu harus menggunakan kape untuk mengoleskannya ke permukaan tembok. Aplikasikan lapisan plamur ini secara merata. Kemudian tunggu selama beberapa saat hingga mengering sempurna.

Proses Pengecatan Tembok

Proses Pengecatan  / Sumber: iStockphoto

Setelah melapisi tempok dengan plamur, kamu sudah bisa melanjutkan cara mengecat tembok lama dengan menguaskan cat ke tembok. Untuk mengaolikasikan cat ke permukaan tembok, kamu bisa menggunakan roller dan kuas secara bersamaan.

Roller bisa kamu gunakan untuk mewarnai bagian tembok yang terletak di aera tengah hingga agak tepi. Meggunakan roller untuk mengecat memang lebih cepat, namun penggunaan roller yang tidak benar bisa menjadikan penggunaan cat secara berlebih alias boros.

Oleh karena itu, kamu juga perlu belajar menggunakan roller terlebih dahulu hingga mahir agar bisa benar menggunakannya.

Cat Permukaan Tembok

Cat Permukaan Tembok  / Sumber: iStockphoto

Cara mengecat tembok lama yang terakhir adalah memulai untuk pengecatan. Awali pekerjaan ini pada bagian sudut ruangan menuju sudut sebelahnya. Lakukan pengecatan secara teratur dari posisi paling atas menuju ke bawah. Jangan sampai melompat-lompat dalam mengecat tembok. Hal ini akan menyebabkan tembok tidak rata alias menjadi belang-belang.

Agar kamu lebih mudah melakukannya, kamu bisa membagi bidang kerja. Sehingga setiap kali seluruh bidang kerja tersebut telah selesai dicat, barulah kemudian kamu melanjutkan ke sisi atau bidang sebelahnya. Ada baiknya untuk mengaplikasikan cat tembok ini sebanyak dua lapis. Pada saat melakukan lapisan cat yang kedua, kamu perlu menunggu lapisan cat pertama hingga kering terlebih dahulu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alami Cedera Serius, Model Amerika Pakai Kursi Roda di Fashion Show Bikini

Posted: 17 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang model asal Arizona, Amerika Serikat bernama Djaniel Carter menjadi sorotan khalayak luas setelah tampil dalam fashion show Sports Illustrated Swimsuit menggunakan kursi roda.

Dilansir dari metro.co.uk, Kamis (18/7/2019), Djaniel tengah mengalami cedera kaki serius setelah bertahun-tahun sebagai penari profesional. Ia telah berjuang melawan kondisi yang membuatnya sulit berjalan dan berdiri.

Cedera kaki tak menghentikan Djaniel untuk beraksi di fashion show. Saat acara dimulai, ia tampil dalam balutan busana renang putih dan duduk di kursi roda yang didorong oleh editor publikasi acara, MJ Day.

Senyum terpancar jelas dari wajah Djaniel yang juga memakai bikini merah bergaris. Ia beraksi dengan mengayunkan kaki ke sisi kursi roda. Di ujung runway, ia berdiri sejenak untuk berpose yang kemudian diabadikan oleh para fotografer.

Sports Illustrated Swimsuit sendiri mengunggah video singkat saat Djaniel beraksi di runway. Sambutan meriah diberikan para hadirin yang berteriak sekaligus bertepuk tangan.

"@djaniiel menderita cedera traumatis di kedua kakinya dan telah berjuang melawan kondisi medis mendasar yang belum didiagnosis. Terlepas dari kenyataan ia sulit berjalan dan berdiri, ia tidak membiarkan itu menghentikannya untuk mengejar mimpi," tulis brand tersebut di Instagram.

Fashion show bikini ini merupakan bagian dari Miami Swim Week di W South Beach, Miami, Amerika Serikat dan menghadirkan perempuan inspirasional yang memakai busana renang.

Show dibuka oleh model Halima Aden yang mengenakan burkini yang dirancang khusus oleh Cynthia Rowley yang bertuliskan "Don't change yourself, change the game".

Curahan Hati Djaniel Carter

Djaniel Carter model yang tampil di peragaan busana dengan kursi roda. (FRAZER HARRISON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Melalui akun Instagram pribadi, Djaniel Carter sempat mengunggah potret dirinya bersama MJ Day. Ia pun menyampaikan curahan hati dan membagikan antusiasme melalui kolom keterangan potret yang diunggah pada 15 Juli 2019 tersebut.

"Kursi roda adalam teman baik saya hari ini dan saya bangga mengatakannya. Indikator fisik tidak ada saat ini dan saya akan berjuang terlepas dari asumsi dan penilaian yang saya terima," tulisnya.

Djaniel juga menyakini banyak yang bertanya-tanya dan berpikir kondisi yang dialaminya bisa terjadi dan ia pun tengah mencari tahu jawabannya. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada tim dan MJ Day.

"Saya kuat tetapi untuk beberapa hari saya harus membiarkan tubuh saya lemah dan itu tidak apa-apa. Akhir pekan ini telah menjadi mimpi," lanjut Djaniel.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Ethno Carnaval 2019 Akan Hadir Kembali Suguhkan Kejayaan Kerajaan Blambangan

Posted: 17 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Banyuwangi bakal kembali menggelar karnaval kostum etnik megah Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) pada Sabtu, 27 Juli 2019. Acara yang menjadi Top 10 Event nasional dan ditunggu banyak wisatawan ini bakal dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, Banyuwangi kembali menggelar BEC untuk ke-sembilan kalinya sebagai rangkaian Banyuwangi Festival 2019. Tahun ini, BEC mengangkat tema The Kingdom of Blambangan.

"Kami merancang BEC bukan sekadar festival. Ini adalah bentuk transformasi budaya tradisional ke dalam bentuk baru yang menarik untuk dinikmati. Kami bersyukur BEC mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dengan menjadikannya TOP 10 event nasional dan akan dibuka langsung oleh Menpar," kata Bupati Anas.

BEC adalah satu event besar dalam rangkaian Banyuwangi Festival yang selalu ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Parade kolosal ini bakal menampilkan 120 kostum megah yang memvisualisasikan kisah kejayaan Kerajaan Blambangan dan kisah kemakmuran warganya.  Tema ini diangkat karena sarat akan momen historikal yang mewarnai terbentuknya Kabupaten Banyuwangi.

"Blambangan adalah sebuah kerajaan besar yang menjadi cikal bakal Banyuwangi. Lewat BEC penonton diajak menyelami akar tradisi, sejarah dan budaya dengan cara yang menyenangkan. Meskipun ditampilkan dalam kemasan modern namun nuansa etnik tradisional akan sangat kental," ujar Bupati Anas.

BEC "The Kingdom of Blambangan" bakal berhias berbagai kostum extraganza. Karena, ratusan talent yang terlibat tersebut akan membawakan beragam kostum yang terbagi dalam 10 sub tema yang mempresentasikan  kehidupan kerajaan. Ada yang Raja Blambangan, putri, sapta menggala (dewan penasihat raja), kedhaton (keraton), Loh Pampang, kapal Jung, setinggil, hingga Pura Blambangan.

"Semua sub tema menyiratkan sejarah, seperti Loh Pampang yang kini dikenal sebagai Muncar adalah  pelabuhan internasional pada jamannya yang disinggahi kapal dari banyak negara. Pura Blambangan, adalah pura Agung yang hingga kini menjadi situs keagamaan  bagi warga Hindu. Semua ini akan dikemas dalam kreasi kostum megah dan narasi yang menambah wawasan," ujar Anas.

Kepala Dinas Pariwisata MY. Bramuda menambahkan BEC akan dilaksanakan pada 27 Juli  tepat pukul 12.00 WIB. BEC akan mengambil start di Jl. Veteran Taman Blambangan dan finish di depan Stadion Diponegoro di Jl. Jaksa Agung Suprapto.

"Pagelaran BEC akan dibuka  dengan tari Gandrung Sewu dan fragmentasi sendratari yang menceritakan kejayaan Kerajaan Blambangan. Baru dilanjutkan dengan penampilan parade BEC. Para talen akan memamerkan kostum mereka dengan berjalan menyusuri rute sejauh 2,5 Km," kata Bramuda.

Sebagaimana tahun lalu, konsep BEC tahun ini kembali menghadirkan 11 panggung, yakni satu panggung utama dan 10 panggung sub tema yang masing-masing berjarak 150 meter. Setiap panggung sub tema akan menjadi panggung atraksi bagi masing-masing talent sub tema BEC.

"Jadi, penonton tidak perlu berjubel di panggung utama di Taman Blambangan karena sudah disediakan spot-spot panggung di sepanjang rute. Selain bisa melihat atraksi talen BEC, juga bakal dihibur oleh artis dan musisi lokal," pungkas Bramuda.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Era Kebangkitan Musik di Ambon

Posted: 17 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Ambon Ambon City of Music menjadi kekuatan ekonomi kreatif bagi masyarakat setempat, menuju top 45 Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019.

KIPP 2019 Kota Ambon diuji oleh tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyebutkan Ambon City of Music masuk dalam kategori pertumbuhan ekonomi dan membuka kesempatan kerja.

"Inovasi ini dilatarbelakangi 90 persen masyarakat Ambon memiliki DNA dan intuisi bermusik yang sangat tinggi, tetapi yang menjadi masalah adalah musik belum mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan menyediakan lapangan kerja kepada masyarakat," kata Richard, seperti yang dilansir Antara, Rabu (17/7/2019).

Bersumber dari berbagai permasalahan maka Pemkot Ambon mencanangkan Ambon City of Music pada 2011 dan mendapat respon positif dari Badan Ekonomi Kratif (Bekraf) untuk mendaftarkan Ambon menuju kota musik dunia versi Unesco.

Dikatakannya, inovasi ini bertujuan untuk menciptakan industri keratif musik yang dihasilkan dari kreativitas masyarakat Ambon berbasis harmonis, religius dan sejahtera, serta sejalan dengan SDGS pada 2030.

"Sejak kreativitas musik dijadikan peluang usaha, maka angka pengangguran dapat ditekan menjadi 1,5 persen pertahun, dan angka kemiskinan 0,15 persen pertahun. Kami yakni inovasi ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperluas kesempatan kerja dengan hadirnya tempat usaha dan ruang pertunjukan di Ambon," ujarnya.

Richard mengakui, Ambon merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki inovasi dan branding, hal ini juga ditunjang dengan Peraturan daerah (perda) nomor 2 tahun 2019 tentang Ambon kota kreatif berbasis musik, yang merupakan regulasi pertama di Indonesia yang membicarakan hak dan kewajiban musisi dari berbagai tempat usaha.

"Konteks Indonesia merupakan inovasi yang baru dan spesifik dengan mengandalkan musik sebagai lokomotif utama pertumbuhan ekonomi kreatif lokal," katanya.

Richard menambahkan, kota Ambon telah menjadi contoh bagi beberapa daerah lain di Indonesia sejak 2011 yang berupaya mengadopsi inovasi dengan cara mendaftarkan diri ke Bekraf untuk menjadi kota kreatif berbasis musik.

Paparan inovasi Ambon City of Music disampaikan Wali kota Ambon di hadapan enam penilai yakni JB Kristiadi, Nurjaman Muchtar, Eko Prasojo, Suryopratomo, Siti Zuhro, Neneng Goenandi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tempat Makan Rawon Pilihan di Surabaya

Posted: 17 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kuliner Surabaya, Jawa Timur tenar dengan rasanya yang khas dan gurih. Beragam jenis masakan tersedia dengan variasi rasa yang patut dicoba jika sedang di kota tersebut. Makanan khas Surabaya yang disukai warga Surabaya salah satunya adalah rawon.

Rawon dikenal sebagai makanan daging sapi dengan kuah berwarna hitam khas Indonesia. Kuah gelap tersebut umumnya terbuat dari beberapa rempah di antaranya kluwek, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, cabai, serai, dan lada.

Rawon biasa disajikan dengan tauge muda dan dimakan bersama dengan nasi putih, sambal, dan telur asin. Mengutip dari buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, Liputan6 menyajikan beberapa pilihan yang dapat jadi pertimbangan untuk tempat makan rawon di Surabaya:

1.Depot Anda Fit

Letaknya di Jalan Walikota Mustajab No.74, Surabaya dan buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Rawon di Depot Anda Fit ini terkenal sangat enak, juga memiliki aroma kaldu sapi yang sangat kuat, kuahnya terasa lebih pekat. Sambal yang disajikan sebagai pelengkap cocok berpadu dengan rasa rawonnya. Porsi rawonnya juga cukup besar dengan harga cukup terjangkau.

2. Depot Rawon Malang "MM"

Berada di Ruko Taman Kayun No.46-E, Jalan Embong Kemiri, Surabaya dan buka pukul 07.00-20.30 WIB. Depot MM ini berawal dari kota Malang yang di kelola oleh Ikwan dan Megawati, singkat cerita mereka pindah dan menetap di Surabaya pada 1998.

Megawati sendirilah yang menciptakan menu masakannya dengan cita rasa khas Malang yang ternyata Depot MM itu singkatan dari "Masakan Malang". Rawon-nya memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma yang lebih kuat, kuahnya bening dan daging tidak berlemak. Rawon ini cocok di santap dengan sambal pedas sebagai pelengkap.

 

3. Pak Eko

Rawon iga khas Surabaya, Jawa Timur. (dok. Instagram @ganaadhitya/https://www.instagram.com/p/BnJEgyujdnN/?utm_source=ig_web_copy_link/Asnida Riani)

3. Pak Eko

Berlokasi di Jalan Pucang Adi No.58, Surabaya dan buka 24 jam. Rawon di tempat ini memiliki rasa yang cukup enak, gurih dengan kuah yang ringan, namun dagingnya terasa kurang empuk. Harganya juga tidak terlalu mahal alias pas di kantong.

 4. Warung Sedap Malam Kalkulator

Lokasinya di Taman Bungkul, Surabaya dan buka mulai pukul 10.00-03.00. Nama Rawon Kalkulator terinspirasi dari kemampuan para petugas kasir yang dapat menghitung harga makanan pembeli dengan sangat cepat di luar kepala tanpa menggunakan kalkulator.

Di setiap meja pengunjung disediakan makanan pendampingnya seperti perkedel, tempe goreng, telur asin, dan paru goreng gurih yang tidak boleh dilewatkan.

Itulah pilihan beberapa tempat makan rawon yang terkenal di Surabaya. Anda harus mendatangi untuk membuktikannya sendiri.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara) 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Persiapan Goro-Goro Mahabarata 2, Coba Ketahui 4 Hal Ini

Posted: 17 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berusia 42 tahun, Teater Koma akan menggelar pentas produksi ke-158 dengan judul Goro-Goro: Mahabarata 2 "Panakawan adalah Kawan". Teater ini akan dipentaskan 25 Juli-4 Agustus 2019.

Persiapan telah mereka lakukan selama 3,5 bulan dan 15 kali latihan di Graha Bhakti Budaya. Naskah yang berasal dari novel ini pun telah Nano Riartiano siapkan sejak 2016.

Dua adegan dari Goro-Goro: Mahabarata 2 ditampilkan saat jumpa pers Rabu (17/7) di Universitas Tarumanegara Kampus III, Jakarta. Jumpa pers itu dihadiri beberapa kru dan pemain termasuk Sutradara Nano Riantiarno, produser, Ratna Riantiarno, dan pemain Slamet Rahardjo.

Saat itu, Teater Koma pun memaparkan beberapa hal mengenai pementasannya. Berikut beberapa bocoran soal pementasan ini.

Tentang padi

Teater Koma mementaskan dua adegan Goro-Goro: Mahabarata 2 saat jumpa pers Rabu (17/7) di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Teater Koma akan mementaskannya 25 Juli-4 Agustus 2019 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki. (Foto: Santi Muhrianti)

Salah satu cerita penting yang diangkat dalam teater ini memang mengenai padi. Diceritakan, Dewi Lokawati berubah menjadi padi. Padi ini pun merupakan hal yang diperebutkan kerajaan dalam cerita itu.

Sutradara dan penulis naskah, Nano Riatno (70) memaparkan, "Angkatan perang, angkatan bersenjata kalau dia tidak makan padi atau gandum, lemah. Itu intinya itu, jadi cerita itu seperti itu." Inspirasi ini pun hadir dari pengalamannya di Ciptagelar, Banten.

Totalitas ditunjukkan dari persoalan padi ini. Tak tanggung-tanggung padi asli digunakan dalam pentas ini. "Agak ribetnya memang keinginan Pak Sutradara yang kadang-kadang membuat saya aduh gimana nih, membuat padi, padinya kudu real," penata busana, Rima Ananda.

Saat jumpa pers, memang terlihat properti padi dan busana untuk memvisualkan Dewi Lokawati yang menjadi padi.

Kostum dan properti ini pun tak murah. "Saya coba juga, bagaimana kalau menggunakan artifisial padi. Saya cari setengah mati, ada perbatangnya 24 ribu dan saya membutuhkan ratusan padi batangan," tutur Rima saat jumpa pers Rabu (17/7).

Adegan flashback dan special effect

Teater Koma mementaskan dua adegan Goro-Goro: Mahabarata 2 saat jumpa pers Rabu (17/7) di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Teater Koma akan mementaskannya 25 Juli-4 Agustus 2019 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki. (Foto: Santi Muhrianti)

Berbeda dengan film, tak mudah menghadirkan adegan flashback atau kilas balik dalam panggung teater. Dalam teater Goro-Goro: Mahabarata 2, adegan flashback akan muncul dua kali.

Untuk menunjang adegan ini, "special effect" pun tim produksi siapkan. "Animasi dan lampu itu menjadi sesuatu yg sangat penting," kata sutradara sekaligus penulis naskah Nano Riatiarno.

Animasi dan multimedia memang akan digunakan untuk menunjang suasana dan visual panggung.

Live Music

Teater Koma mementaskan dua adegan Goro-Goro: Mahabarata 2 saat jumpa pers Rabu (17/7) di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Teater Koma akan mementaskannya 25 Juli-4 Agustus 2019 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki. (Foto: Santi Muhrianti)

Musik latar telah terdengar saat jumpa pers Rabu (17/7) di Universitas Tarumanegara Kampus III, Jakarta. Namun, saat pementasan nanti, live music akan disuguhkan.

Ada sepuluh musisi yang akan mengiringi pementasan secara langsung dengan lebih dari 21 lagu. Lagu dasar dalam pentas ini menggunakan Jawa, Bali, dan Kalimantan. Tapi ada pula musik lain "Bahkan akan ada rock, blues, dan lain-lain," jelas penata musik, Fero A. Stefanus.

Pentas ini pun menggunakan banyak alat musik termasuk gamelan, angkulng, dogdog, dan obo. Obo merupakan alat musik bambu dari Barat, tapi dinilai cocok dengan Indonesia.

Selain itu, rengkong dari Ciptagelar pun akan menghadirkan suasana mistik pementasan ini.

Orang yang terlibat

Foto bersama kru dan pemain Goro-Goro: Mahabarata 2 saat jumpa pers Rabu (17/7) di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Teater Koma akan mementaskannya 25 Juli-4 Agustus 2019 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki. (Foto: Santi Muhrianti)

Pementasan ini akan melibatkan banyak pihak. Sekitar 46 orang pemain akan tampil di atas panggung. Ada 10 pemusik. Belum kru lainnya yang menurut Ratna Riantiarno sekitar 100 orang.

Pentas ini akan digelar di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Menurut Produser Ratna Riantiarno, gedung ini berkapasitas sekitar 780 orang dan akan diselenggarakan sebelas hari.

Tiket pertunjukan berdurasi sekitar 3 jam itu telah dijual dengan harga mulai RP60 ribu hingga Rp500 ribu. Pembelian tiket dapat dilihat melalui website teater koma.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Penumpang Marahi Petugas Kereta Saat Periksa Tiket

Posted: 17 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Viral rekaman seorang penumpang kereta memarahi petugas yang sedang memeriksa tiket perjalanannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta Laura Siap Buka-bukaan soal Foto Syur dengan Mantan Pacar

Posted: 17 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cinta Laura beberapa waktu lalu sempat menghebohkan publik. Gara-garanya adalah foto mesra bersama mantan kekasihnya, Frank Garcia, tersebar di media sosial.

Selama ini Cinta Laura memang selalu bungkam terkait masalah tersebut. Bahkan, Cinta Laura sampai-sampai menonaktifkan kolom komentarnya di media sosial, hingga yang terbaru Cinta Laura memilih vakum dari media sosial.

Namun dalam waktu dekat Cinta Laura akan membuat klarifikasi terkait masalah tersebut. Hal itu disampaikan oleh sang ibunda, Herdiana Kiehl, yang ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2019).

"Nanti diklarifikasi di Kementerian Pemberdayaan Perempuan, oke, nanti Cinta mungkin bulan depan di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," kata ibunda Cinta Laura.

Bulan Depan

[Foto: Instagram Frank Garcia/ soyfrankgarcia]

Sang ibunda menambahkan, Cinta Laura saat ini belum mendapatkan izin dari manajemennya untuk membahas hal tersebut. Namun yang pasti, ibunda Cinta Laura berjanji putrinya itu akan melakukan klarifikasi.

"Nanti ada klarifikasi di sana ya. Jadi di sini dia belum boleh, awal Agustus, pasti ada klarifikasi, tapi belum boleh sekarang," tegasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbagi Tautan Google Photos Buka Celah Privasi

Posted: 17 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pengguna aktif Google Photos dan biasa membagikan tautan berisi album atau foto-foto kamu ke orang-orang lain? Kalau iya, kamu patut waspada.

Dilansir lewat Ubergizmo, Kamis (18/7/2019), seorang peneliti Robert Wiblin menerbitkan tulisan di Medium, yang mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam membagikan tautan Google Photos kepada orang lain. Ternyata, orang yang memiliki tautan Google Photos, boleh jadi dapat mengakses foto-foto lain yang ada di aplikasi.

Google sebagai penyedia layanan ini sebenarnya menyadari hal tersebut. Dalam situs webnya, Google menyebut, "Siapa pun yang memiliki (akses ke) tautan, tentu bisa melihat album (foto)".

Tampaknya, ini akan menjadi tugas serta pengawasan besar bagi Google untuk melindungi penggunanya.

Perbedaan sistem tautan Google Photos dan Google Drive

Aplikasi lainnya yang ada di bawah naungan Google, yaitu Google Drive, memiliki sistem tautan yang berbeda. Di layanan berbagi dan penyimpanan file tersebut, hanya penerima terpilih yang dapat mengakses file di dalam aplikasi.

Perbedaan sistem keamanan antara Google Drive dan Google Photos menjadi pertanda bahwa pengguna harus lebih waspada dalam membagikan tautan Google Photos.

Sementara itu, kamu bisa membuka laman Google Support untuk mendapatkan informasi, bagaimana cara menghentikan berbagi album dengan orang lain.

(Linda Fahira Putri/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengapa Wajah Mengernyit Saat Konsumsi Makanan Asam?

Posted: 17 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat mencoba menyantap makanan yang asam, biasanya diikuti dengan mengernyitkan wajah. Mengapa bisa begitu ya?

Para ilmuwan hingga kini belum tahu secara pasti mengapa orang senantiasa mengerutkan wajahnya ketika makan sesuatu yang asam. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena adanya zat proton, vitamin C serta membandingkan dengan buah- buhan lainnya yang memiliki rasa asam.

Rasa yang kita kenal sebagai "asam" memiliki hubungan langsung dengan keasaman. Secara kimiawi rasa asam ini karena ada banyak proton di dalam mulut. Proton sendiri bukanlah asam namun tubuh kita sendiri yang menafsirkan sifat-sifat tersebut sebagai sesuatu yang asam seperti dilansir Live Science, Rabu (17/7/2019).

 

Makan lemon #1 (Via: inspirebee.com)

Kebanyakan makhluk bisa memproduksi vitamin C sendiri. Namun, sekitar 61 juta tahun yang lalu, gen pada mamalia yang mengkodekan sintesis vitamin C bermutasi, hal tersebut diungkapan pada suatu studi dalam sebuah jurnal Genetica pada tahun 2011.

"Manusia kehilangan kemampuan untuk membuat vitamin C sendiri karena kami selalu memakannya,"kata Paul Breslin, seorang profesor di Departemen Ilmu Gizi di Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat.

Berarti sesungguhnya manusia menyukai sesuatu yang becita rasa asam tapi tidak seasam lemon. Di dalam apel dan jeruk misalnya, rasa asam dan manis yang bercampur menciptakan citarasa yang lezat dan disukai oleh manusia.

Jadi, mengapa manusia senantiasa mengerutkan wajahnya ketika mengonsumsi lemon? 

"Wajah seperti itu berarti sebuah respons penolakan. Karena kebanyakan buah tidak superasam. Sehingga orang jarang menggigit lemon," kata Breslin. 

 

 

Penulis: Eflien Anggelien

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil ICC 2019: Arsenal Bungkam Bayern Munchen

Posted: 17 Jul 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, California - Arsenal mencatatkan kemenangan 2-1 atas Bayern Munchen di Dignity Health Tennis Center, Carson, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Kamis (18/7/2019) dalam turnamen pramusim, International Chasmpions Cup (ICC) 2019.

Dalam laga ini, Arsenal sempat unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri Louis Poznanski pada menit ke-49. Namun, Munchen berhasil menyamakan kedudukan melalui striker andalan mereka, Robert Lewandowski di menit ke-70.

Di penghujung laga, Arsenal mampu mencetak gol melalui pemain muda mereka, Eddie Nketiah.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga ini, Arsenal menurunkan tim utama pada babak pertama. Menit keenam, Henrikh Mkhitaryan melepaskan sepakan kaki kiri, tapi bola melebar di sebelah kanan gawang Munchen yang dikawal Manuel Neuer.

Meriam London terus menekan pertahanan Munchen. Pada menit ke-15, Granit Xhaka melepaskan tembakan jarak jauh. Sayang, akurasi sepakannya melayang di atas mistar gawang.

Tujuh menit setelahnya, Munchen nyaris saja membuka keunggulan melalui Thiago Alcantara. Namun, sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti Arsenal melebar tipis di sebelah kanan gawang Bernd Leno.

Manuel Neuer melakukan penyelamatan heroik pada menit ke-38. Dia menangkap sepakan Mesut Ozil dari dalam kotak penalti Munchen. Hingga pertandingan babak pertama berakhir, Arsenal dan Munchen harus puas dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Di babak kedua, pelatih Arsenal, Unai Emery dan nakhoda Munchen, Niko Kovac melakukan perombakan. Sebagian besar pemain diganti. Namun, mendapat keberuntungan pada menit ke-49. Berniat menghalau umpan Pierre Emerick Aubameyang, Louis Poznanski malah menceploskan bola ke gawang Munchen.

Pada menit ke-59, kiper pengganti Arsenal, Emiliano Martinez melakukan aksi gemilang. Dia menangkap tendangan Kingsley Coman dari dalam kotak penalti Meriam London.

Robert Lewandowski yang bermain di babak kedua, nyaris menyamakan kedudukan. Pada menit ke-60, dia menyambar bola hasil umpan Sarpreet Singh. Namun, akurasi sepakan striker Munchen itu masih belum menemui sasaran.

Sepuluh menit setelahnya, Lewandowski mencatatkan nama di papan skor. Tandukannya usai menerima umpan lambung Serge Gnabry berhasil menjebol gawang Arsenal.

Emiliano Martinez melakukan penyelamatan gemilang di bawah mistar gawang Arsenal pada menit ke-80. Dia menepis tendangan terarah gelandang Munchen, Serge Gnabry.

Delapan menit kemudian, sontekan Eddie Nketiah dari dalam kotak penalti Munchen membawa kemenangan untuk Arsenal. Dia berhasil memanfaatkan umpan silang Tyreece John-Jules.

Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno (GK), Ainsley Maitland-Niles, Sokratis Papastathoupoulos, Shkhodran Mustafi, Nacho Monreal, Joe Willock, Granit Xhaka, Henrikh Mkhitaryan, Mesut Oezil, Pierre Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette.

Pelatih: Unai Emery

Bayern Muenchen (4-5-1): Manuel Nuer (GK), David Alaba, Javi Martinez, Jerome Boateng, Jonas Kehl, Jann-Fiete Arp, Ryan Johansson, Thiago Alcantara, Corentin Tolisso, Daniel Ontuzans, Thomas Mueller

Pelatih: Niko Kovac

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Seleb Tanah Air Ini Punya Pasangan Seorang Pilot, Siap Dibawa Terbang

Posted: 17 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Profesi pilot hingga saat ini masih menjadi pekerjaan yang bergengsi. Lowongan pekerjaan yang banyak plus gaji yang bikin tergiur memotivasi anak muda berlomba-lomba meraih mimpi menjadi pilot. Kendati demikian, profesi bergengsi ini juga memiliki risiko yang sangat tinggi.

Tampil gagah di balik kemudi pesawat dengan seragam pilot, tak heran juga membuat banyak kaum hawa jatuh hati dengan para pengemudi pesawat itu. Sebagian wanita mungkin bangga memiliki suami yang berprofesi sebagai pilot.

Tak terkecuali juga para seleb Tanah Air, meski berisiko tinggi profesi yang satu ini menghasilkan pundi-pundi yang tak sedikit. Seorang pria juga bakal terlihat lebih gagah saat mengenakan seragam pilot. Tak heran bila sebagian seleb memilih menjalin hubungan asmara dengan seorang pilot.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 seleb Tanah Air yang punya pasangan seorang pilot, Kamis (18/7/2019).

2. Iis Dahlia dipersunting oleh Satrio Dewanto pada tahun 2001 silam dan sudah menjadi pilot cukup lama

View this post on Instagram

Love U 😘💏 #Lovely#Hubby

A post shared by Iis Dahlia (@isdadahlia) on

3. Usai bercerai dengan aktor Samuel Rizal, Stevianne Agnecya dipinang oleh pilot bernama Anggi Pratama

View this post on Instagram

GYM buddy 💪🏻

A post shared by Stevie Agnecya (@steviagnecya) on

4. Nimaz Dewantary ternyata telah memiliki seorang kekasih bernama Muhammad Radifan Mirza lulusan sekolah penerbangan

View this post on Instagram

😊

A post shared by Nimaz Dewantary (@nimazdewantary) on

5. Artis FTV Christie Julia telah menikah dengan seorang pilot bernama David Doods

6. Rosa Meldianti keponakan Dewi Perssik ini juga memiliki kekasih seorang pilot

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres JK Sebut Akan Kembali ke Dunia Otomotif Usai Lepas Jabatan

Posted: 17 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) membuka acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) ke-27 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Dalam sambutannya, JK mengaku sangat gembira, lantaran 3 bulan lagi akan menanggalkan jabatannya sebagai wapres.

Dia mengaku akan kembali ke dunia yang sudah lama digeluti selama 27 tahun usai tak menjabat, yaitu otomotif.

"Seperti pribadi saya sangat gembira, 3 bulan akan meletakkan jabatan dan kembali ke dunia yang lama," kata Wapres JK saat membuka acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) ke-27 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (18/7).

Saat tak lagi menjadi wapres, dia akan fokus akan mengamati perkembangan industri di Tanah Air. Termasuk industri otomotif.

"Termasuk industri mobil ini atau ikut serta. Seperti pengalaman masa lalu, kemajuan daripada perkembangan industri ini," lanjut Wapres JK.

 

Tolok Ukur

Wapres JK di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) ke-27 di ICE BSD. (Setwapres)

Wapres JK juga mengaku senang atas terselenggaranya pameran mobil tahun ini. Sebab, kata dia, pameran seperti ini sangat ditunggu masyarakat. Ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengantre untuk masuk ke Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) ke-27 di ICE BSD.

"Salah satu kemajuan negara diukur daripada industri kendaraan ini. Selamat Gaikindo. Saya list minat masyarakat luar biasa. Belum dibuka sudah penuh di luar sana," ungkap JK.

Diketahui dalam acara tersebut hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya, Ketua OJK Wimboh, serta jajaran DPR.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Wajah Tua di Android dan iPhone

Posted: 17 Jul 2019 09:45 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, terdapat sebuah aplikasi edit foto baru yang sedang viral di media sosial, baik di Twitter, Facebook hingga Instagram. Aplikasi ini adalah FaceApp, yang dapat mengubah wajah seseorang menjadi beragam versi. 

Orang-orang pun mengunggah hasil edit fotonya dengan tagar #AgeChallenge di media sosialnya. Mereka menggunakan aplikasi wajah tua atau faceApp. Tak hanya masyarakat umum, para selebriti dan publik figur banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk seru-seruan.

Misalkan kamu adalah wanita muda, dan ingin melihat bagaimana wajahmu saat usia tua atau bisa jadi kamu ingin melihat bagaimana wajahmu bila menjadi versi laki-laki, baik tua atau muda.

Cara menggunakan aplikasi wajah tua ternyata tidak sulit. Berikut ulasan bagaimana cara menggunakan Aplikasi Wajah Tua yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/7/2019)

Cara gunakan aplikasi wajah tua di Android maupun iPhone

Pertama-tama kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut di App Store bagi iPhone dan Google Play Store bagi pengguna Android.

Setelah berhasil mengunduh, silahkan buka aplikasi FaceApp dengan tampilannya yang simpel. Kamu bisa gunakan kamera depan atau belakang sesukamu untuk mengambil gambar.

Selain mengambil gambar secara langsung, kamu bisa menggunakan foto yang telah ada di galeri ponselmu untuk diubah. Memang apabila kamu menggunakan fitur memfoto langsung pada aplikasi FaceApp, proses pengambilan gambarnya memang tidak secepat bila hanya foto biasa.

Mengubah gambar yang telah tersimpan pada galeri ponsel

Untuk menggunakan aplikasi ini memang tidak harus hasil dari foto dari aplikasi FaceApp. Namun kamu bisa menggunakan foto-foto yang telah kamu miliki dan ingin kamu ubah menggunakan aplikasi FaceApp ini.

Mengedit fotonya pun cukup mudah. Caranya cukup kamu pilih foto mana yang ingin kamu ubah setelah itu FaceApp akan memunculkan pilihan untuk mengubahnya.

Ada beberapa pilihan yang diberikan, mulai dari "duo" untuk mengedit dua foto sekaligus, atau "kolase" untuk mengedit empat foto sekaligus di FaceApp.

Banyak pilihan versi wajah yang bisa digunakan pada foto adalah versi senyum tipis, senyum lebar, tua, muda, lelaki, dan perempuan. Anda juga bisa membuat kulit lebih bersinar dengan pilihan "spark".

Silahkan mencoba!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknologi Bikin Biaya Konstruksi Lebih Murah dan Efisien

Posted: 17 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menilai penting adanya dukungan inovasi dan teknologi dalam pembangunan infrastruktur yang membuat proses menjadi lebih cepat, baik, sekaligus hemat biaya.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan, pemanfaatan teknologi yang tepat guna, efektif, murah, dan ramah lingkungan juga terus didorong guna menciptakan nilai tambah dan pembangunan berkelanjutan, sehingga manfaat pembangunan infrastruktur dapat dirasakan generasi mendatang.

"Kebijakan sektor konstruksi nasional tentunya harus mendorong penggunaan teknologi yang memberi solusi pada permasalahan yang dihadapi saat ini. Sehingga pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan lebih cepat, lebih mudah, dan tentunya lebih baik," ungkap dia dalam sebuah keterangan tertulis, Kamis (18/7/2019).

Dia menyatakan, salah satu teknologi konstruksi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi pada percepatan pembangunan yakni teknologi trenchless. Teknologi ini mengintegrasikan teknologi digital jasa konstruksi yang dipergunakan untuk memasang infrastruktur bawah tanah tanpa mengganggu bangunan atau bentang alam yang ada di atasnya.

Menurut penjelasannya, keuntungan dari pemanfaatan teknologi ini antara lain lebih ramah lingkungan, mampu meminimalisir dampak sosial terhadap terhadap kondisi di sekitar lokasi proyek hingga terjadinya kecelakaan kerja konstruksi, serta membuat durasi pengerjaan proyek lebih singkat sehingga biaya konstruksinya lebih murah dan menjamin pencapaian kualitas konstruksi.

"Memang saat ini persoalannya masyarakat melihat teknologi ini hanya untuk kontraktor besar karena biayanya mahal. Tetapi pada prinsipnya ini justru lebih murah. Kita bicara investasi jangka panjang dan efektivitas, karena biaya tidak tertulis itu justru lebih besar, misalnya biaya sosial. Makanya kita dorong untuk kontraktor spesialis seperti trenchless lebih banyak," tutur Syarif.

 

Penerapan Teknologi di Proyek Infrastruktur

Pekerja menyelesaikan konstruksi baja untuk bangunan bertingkat di Jakarta, Jumat (5/4). Kementerian Perindustrian menargetkan produksi baja nasional mencapai 17 juta ton pada 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Teknologi trenchless disebutnya telah digunakan oleh Kementerian PUPR pada beberapa proyek infrastruktur, seperti sodetan Kali Ciliwung ke Banjir Kanal Timur, proyek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, serta proyek pembangunan air limbah di beberapa kota besar seperti Denpasar, Yogyakarta dan Medan.

Adapun hasil dari beberapa kajian menyebutkan bahwa penggunaan teknologi trenchless dalam pekerjaan infrastruktur bawah tanah hingga kedalaman 1,5 meter hanya membutuhkan biaya sebesar USD 3,12 per m3. Besaran biaya itu terhitung lebih murah dibanding metode open trench sebesar USD 18,46 per m3.

"Kehadiran teknologi baru ini juga bisa menjadi peluang bagi kontraktor. Untuk itu kita semua perlu berkolaborasi mengambil langkah melalui kerjasama antara pemerintah dan stakeholders terkait. Perlu penyiapan kompetensi tenaga ahli dan terampil sesuai kebutuhan industri konstruksi saat ini dan pembinaan badan usaha jasa konstruksi melalui adopsi teknologi terkini dan perubahan status menjadi kontraktor spesialis," pungkasnya.

Konstruksi Tol Layang Jakarta-Cikampek II Ditargetkan Kelar September 2019

Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek II Elevated. Dok PUPR

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usaha PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JCC) menargetkan penyelesaian konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek II Elevated pada akhir September 2019.

Hingga akhir Juni 2019, proses pengerjaan tol sepanjang 36,40 km ini telah mencapai sekitar 86 persen.

"Jadi, pekerjaan fisiknya telah mencapai 86 persen dan ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir September 2019, untuk selanjutnya dilakukan uji layak fungsi dan laik operasi," ujar Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono di Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat. Nantinya, jalan tol ini berfungsi untuk mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung.

Ruas tol ini juga dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Djoko meneruskan, pekerjaan konstruksi Jalan Tol Japek II Elevated masih menyisakan 139 steel box girder yang belum terpasang dari total 2.585 steel box girder yang dibutuhkan dalam proyek ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Indosiar: Persela vs Bali United di Shopee Liga 1 2019

Posted: 17 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persela Lamongan akan menjamu Bali United di Stadion Surajaya, Kamis (18/7/2019) sore WIB pada pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019. Pertandingan ini bakal disiarkan langsung oleh Indosiar.

Laga ini menjadi kesempatan Persela untuk keluar dari zona merah. Saat ini, mereka berada di posisi ke-17 dalam klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan lima poin.

Pada laga ini, Persela tampil pincang. Laskar Joko Tingkir tak diperkuat tiga pemain pilarnya, Mawouna Kodjo Amevor atau yang akrab disapa Makka, Samsul Arifin, dan Malik Risaldi yang sedang menjalani proses pemulihan cedera hamstring sejak laga kontra Persebaya di pekan keenam.

Sementara, pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra mengatakan skuatnya sudah mengantisipasi jadwal padat setelah tandang di Banjarmasin.

"Kami punya waktu tiga hari untuk persiapan setelah dari Banjarmasin. Satu hari kami di pesawat, kemudian satu hari kami melakukan latihan recovery dan hari ini kami melakukan sesi uji coba lapangan. Secara keseluruhan, kami sudah siap menghadapi Persela," kata Teco.

Live Streaming Shopee Liga 1 2019: Persela vs Bali United di Indosiar dapat Anda saksikan mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Shopee Liga 1 2019: Persela vs Bali United di Indosiar pada halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Shopee Liga 1 2019: Persela Lamongan vs Bali United di Indosiar silakan klik di sini....

 

Prediksi Susunan Pemain

Persela (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Mawouna Amevor, Eky Taufik, Samsul Arifin, Arif Satriya (belakang); Lucky Wahyu, Rafinha, Kei Hirose (tengah); Delvin Rumbino, Alex, Sugeng Efendi (depan).

Pelatih: Nilmaizar

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); Made Andhika Wijaya, Haudi Abdillah, Willian Pacheco, Ricky Fajrin (belakang); Fadhil Sausu, Brwa Nouri, Paulo Sergio (tengah); Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly (depan).

Pelatih: Stefano Teco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengintip Pabrik Pembuatan Gitar Gibson di Nashville

Posted: 17 Jul 2019 09:45 PM PDT

Pekerja menyelesaikan pembuatan gitar Gibson di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Pekerja menyelesaikan pembuatan gitar Gibson di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Pekerja menyelesaikan pembuatan gitar Gibson di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Pekerja menyelesaikan pembuatan gitar Gibson di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Gitar Gibson terlihat sedang diproduksi di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Gitar Gibson terlihat sedang diproduksi di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Body gitar Gibson terlihat sedang diproduksi di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Body gitar Gibson terlihat sedang diproduksi di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Fingerboard gitar Gibson terlihat sedang diproduksi di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Fingerboard gitar Gibson terlihat sedang diproduksi di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Gitar Gibson terlihat sedang diproduksi di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Gitar Gibson terlihat sedang diproduksi di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Gitar Gibson terlihat berjajar di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

Gitar Gibson terlihat berjajar di Gibson USA Factory, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (17/7/2019). Gibson kembali bangkit dari kebangkrutan setelah disuntik dana segar. (Jason Kempin/Getty Images/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Lion King: Emosinya Kuat, tapi Mulut Kritikus Tak Kalah Dahsyat

Posted: 17 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Awalnya sulit membayangkan The Lion King dirilis dalam versi live action. Hewan-hewan yang berbicara tampil di layar dengan bentuk sangat nyata.

Akankah ini mampu membuat kisah The Lion King jauh lebih hidup ketimbang versi animasinya? Selain itu, akankah emosinya kuat dan unsur nostalgianya lebih indah? Pertanyaan lain untuk The Lion King, adakah yang lebih kuat dari lagu legendaris "Can You Feel The Love Tonight"? 

 

Wajar jika unsur lagu The Lion King dipertanyakan. Ini berkaca pada pengalaman live action Beauty and the Beast yang gagal menghadirkan lagu tema abadi. Lagu tema live action Beauty and the Beast, "How Does a Moment Last Forever" melempem di pasar.

Padahal, dinyanyikan Celine Dion, orang yang sama yang melantunkan lagu peraih Oscar "Beauty and The Beast." Sementara aransemen baru "Beauty and the Beast" versi John Legend dan Ariana Grande tak mampu melampaui versi duet maut Peabo Bryson-Celine Dion.

Perjalanan Simba

The Lion King (Walt Disney)

Kisah The Lion King 2019 kurang lebih sama dengan versi klasiknya yang dirilis pada 1994. Singa jantan bernama Scar (Chiwetel Ejiofor) menolak menghadiri upacara perkenalan Simba (Donald Glover) di singgasana Pride Land. Padahal, Simba putra kakaknya sendiri, Raja Mufasa (James Earl Jones) dan permaisuri Sarabi (Alfre Woodard). Absennya Scar dipertanyakan Mufasa. Kepada Mufasa, Scar mengaku kecewa karena langkahnya menuju tahta Pride Land kandas gara-gara Simba lahir.

Suatu hari, Scar memberi tahu Simba ada Kuburan Gajah yang selama ini disembunyikan Mufasa darinya. Simba yang penasaran mengajak Nala (Beyonce) mengunjungi Kuburan Gajah.

Kawasan itu rupanya dihuni para Hyena yang dipimpin Shenzi (Florence Kasumba). Diam-diam, Scar dan para Hyena menyusun rencana menggulingkan Mufasa. Rencana berhasil, Simba yang terpukul disarankan Scar kabur sejauh mungkin dari Pride Land. Dalam pelarian, Simba bertemu Timon (Billy Eichner) dan Pumbaa (Seth Rogen).

Berani Sekaligus Berisiko

The Lion King (YouTube/  Walt Disney Studios)

Ide Walt Disney mencitrakan kembali para tokoh The Lion King terbilang inovatif, berani, sekaligus berisiko. Pasalnya, penonton The Lion King 1994 tak hanya mengingat wajah para tokoh tapi juga menyimpan kenangan masa kecil di sana. Saat citra ulang dinilai kurang sesuai dengan animasinya dan emosi antar karakter tak sekuat kenangan masa kecil, di sanalah masalah muncul. The Lion King versi live action tampaknya membuyarkan sebagian kenangan manis itu. 

Versi live action ini, secara keseluruhan, tampak sekadar menceritakan kembali dengan teknologi yang jauh lebih canggih. Digambarkan di atas layar bioskop 16:9, tidak benar-benar lebar. Kondisi ini diperparah dengan penggambaran kerajaan Pride Land yang kesannya di situ-situ saja. Citra rimba yang liar dan luas kurang tergambar sementara kawasan yang dihuni Pumbaa dan Timon seindah negeri dongeng. Patut disayangkan dan bisa jadi inilah yang membuat kritikus bersikap sinis.

Namun The Lion King versi live action tak sepenuhnya mengecewakan. Ada sejumlah momen yang mengetuk nurani dengan ikatan emosi sekuat versi aslinya. Salah satu yang menggetarkan, saat Simba bertemu leluhur Pride Land, Rafiki, setelah sekian lama pisah. Simba mempertanyakan siapa Rafiki. Pertanyaan itu dibalas pertanyaan baru, "Aku tahu siapa diriku, bagaimana denganmu. Siapa kamu?" Perang tanya itu bermuara pada kabar bahwa Mufasa masih hidup.

Simba yang bertahun-tahun dihantui rasa bersalah antusias mengejar Rafiki. Rafiki menuntun Simba ke sebuah perairan yang jernih. Untuk mengetahui keberadaan Mufasa, Simba diminta berkaca di air itu. Ia melihat wajahnya sendiri. "Ayahmu berada di dalam dirimu, Nak," kata Rafiki. Sontak mata kami berkaca-kaca. Adegan dramatis ini dieksekusi dengan rapi, emosinya sekuat dulu sekaligus menjadi titik balik cerita.

Tangan Dingin Hans Zimmer

The Lion King (Walt Disney)

The Lion King versi 2019 juga patut diapresiasi berkat deretan lagu tema dan tata musik yang dipoles Hans Zimmer. Sepanjang kariernya, Hans telah 11 kali dinominasikan di ajang Oscar. Ia hanya membawa pulang 1 piala, pada 1995, lewat The Lion King. Proyek live action The Lion King menjadi mesin nostalgia sekaligus pembuktian ia tetap bertaji dan gubahannya masih punya unsur magis. Itu terasa sejak menit awal, saat lagu "Circle of Life" mengalun.

Selanjutnya musik Hans terasa kuat dan rapat melapisi adegan demi adegan. Hans punya andil besar dalam membangun emosi The Lion King. Musik Hans ditambah unsur komedi lewat tokoh Timon dan Pumbaa menbuat film berbiaya 250 juta dolar AS atau sekitar 3,6 triliun rupiah ini terasa bertenaga. Biaya produksi yang kelewat berani ini diadang kritik negatif para pemerhati film dan sejumlah penggemar yang kecewa.

Akankah pamor Simba mampu menyihir penonton generasi baru di seluruh dunia? Semoga!

 

Pengisi suara: Donald Glover, Beyonce, Chiwetel Ejiofor, James Earl Jones, Alfre Woodard, Seth Rogen, Billy Eichner, Florence Kasumba

Produser: Jeffrey Silver, Jon Favreau, Karen Gilchrist

Sutradara: Jon Favreau

Penulis: Jeff Nathanson

Produksi: Walt Disney

Durasi: 1 jam, 58 menit

 

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Pergi Haji, Jangan Lupa Baca Doa Agar Selalu Jadi Orang yang Bersyukur

Posted: 17 Jul 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melaksanakan perjalanan haji merupakan impian dari setiap muslim. Oleh karena itu, merupakan suatu berkah jika seorang umat Islam dapat melaksanakan ibadah Rukun Islam kelima itersebut.

Setiap manusia diajarkan untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepadanya.

Selaras dengan mendapatkan perjalanan ke Tanah Suci, jemaah calon haji juga harus banyak bersyukur karena dapat menjadi orang terpilih mendapatkan berkah yang tidak ternilai.

Hal tersebut dikarenakan banyak dari umat muslim di belahan dunia yang menginginkan perjalanan haji ini namun belum mampu atau belum diberi kesempatan.

Dilansir dari buku Sifat Haji & Umrah Nabi Muhammad karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, terdapat doa untuk selalu mensyukuri nikmat Allah SWT yang tertulis di dalam Alquran yaitu surat An Naml ayat 19:

 

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn

Artinya :

"Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

Doa Pandai Bersyukur

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Dilansir melalui buku yang sama, selain doa mensyukuri nikmat, jemaah calon haji juga harus berdoa agar selalu menjadi orang pandai bersyukur.

Doa agar selalu bersyukur juga menjadi doa supaya calon haji dapat berbuat amal sehingga mendapatkan haji mabrur. Doa itu ada dalam Alquran surat Al Ahqaf ayat 15:

 

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn

Artinya :

"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."

 

Reporter : Nabila Bilqis

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Borneo FC Vs Barito Putera: Ancaman Laskar Antasari

Posted: 17 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Borneo FC bakal menghadapi tantangan berat saat melawan Barito Putera dalam derby Kalimantan yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Kamis (18/7/2019) sore.

Dalam laga pekan ke-9 Shopee Liga 1 2019, tim tuan rumah mewaspadai kebangkitan Barito Putera. Seperti diketahui, Barito Putera berhasil mengalahkan tim papan atas Bali United pada pekan lalu. 

Kemenangan itu membawa Barito keluar dari zona berbahaya. Saat ini, tim besutan Yunan Helmi berada di posisi ke-14. Borneo FC juga dalam kondisi positif setelah meraih kemenangan atas PSIS Semarang dengan skor 2-0. 

"Kami sudah melihat bagaimana cara kerja Barito Putera sejak ditangani pelatih baru. Mereka juga sedang dalam grafik yang bagus. Ini yang harus kami waspadai. Apalagi ini derby, pastinya ada tekanan dan atmosfer yang lebih dari biasanya," kata asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin, seperti dikutip dari situs resmi klub.

Dalam laga tersebut, Borneo FC kembali mengandalkan Terens Puhiri. Sang pemain dipastikan fit untuk laga nanti.

Amiruddin menambahkan, Borneo FC membutukan dukungan dari suporter untuk menghadapi derby Kalimantan. Selain itu, Borneo FC juga membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Barito Putera On Fire

Bek Bhayangkara FC, Anderson Salles, berebut bola dengan bek Barito Putera, Dandi Maulana, pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Selasa (29/5). Bhayangkara menang 4-2 atas Barito. (Bola.com/Yoppy Renato)

Barito Putera dalam tren positif. Laskar Antasari tak terkalahkan dalam empat partai terakhir. Salah satunya ketika mengalahkan tim papan atas Bali United.

"Jika melihat grafik, permainan kami makin meningkat. Jadi wajar bila kami membidik poin di Samarinda. Kompetisi musim ini sangat ketat. Berapa pun poin yang kami dapat, tetap akan disyukuri," kata Yunan Helmi, pelatih Barito Putera.

Namun Rizki Pora dkk. harus kerja keras. Karena mereka punya pengalaman pahit saat kalah 2-0 pada laga pramusim melawan Borneo FC di stadion yang sama.

"Atmosfer kompetisi berbeda dengan uji coba. Kami akan tampil maksimal untuk mengumpulkan poin. Syukur kalau kami bisa membalas kekalahan lalu," ujar Yunan.

Namun Yunan Helmi dihadapkan pada faktor kebugaran fisik pemain yang kelelahan akibat jadwal yang sangat padat. Makanya, mantan asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 ini bakal merotasi formasi pemainnya.

"Kami akan diskusi dengan tim medis, siapa paling bugar untuk pertandingan nanti. Saya membawa 20 pemain yang semuanya siap dimainkan. Semoga tak ada kendala sebelum pertandingan nanti," tutur Yunan.

Prakiraan Susunan Pemain

Skuat Borneo FC saat melawan Kalteng Putra di Stadion Sultan Agung, Bantul (3/7/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Borneo FC (4-4-2): Nadeo Argawinata (kiper): Abdul Rachman, Diego Michiels, Javlon Guseynov, Wildansyah (belakang); Ambrizal Umanailo, Finky Pasamba, Renan Silva, Sultan Samma (tengah); Terens Puhiri, Matias Conti (depan).

Pelatih: Mario Gomez

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Donny Monim, Roni Beroperay (belakang); Lucas Silva, Evan Dimas, Paulo Sitanggang (tengah); Samsul Arif, Rafael Silva, Rizky Pora (depan).

Pelatih: Yunan Helmi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

500 Personel TNI-Polri Jaga Lokasi Bentrok di Mesuji

Posted: 17 Jul 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Lampung - 500 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk berjaga di lokasi bentrok antarwarga di Register 45 Mesuji, Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, ratusan personel gabungan itu sengaja disiagakan untuk menjaga situasi keamanan pasca-bentrok pada Rabu 17 Juli 2019.

"Jumlah personel itu dikerahkan untuk menjaga situasi di lokasi pasca-bentrok antarwarga pada Rabu," kata Pandra seperti dilansir dari Antara, Kamis (18/7/2019).

Ia menyebutkan, personel gabungan berjaga untuk mengantisipasi bentrok susulan. Menurut dia, kondisi di lokasi bentrok antarwarga itu kondusif dan petugas terus berjaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Pandra menambahkan, pihaknya tetap waspada dan memperketat penjagaan di sekitar lokasi. Ia berharap, tak ada bentrok susulan dan petugas akan terus berada di lokasi.

 

Empat Korban Jiwa

Dua kelompok warga di Register 45 Mekarjaya, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, bentrok pada Rabu 17 Juli 2019 siang. Informasi yang beredar menyebutkan ada warga yang tewas dalam insiden itu.

"Benar terjadi bentrok, anggota kami sedang berada di lokasi," kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung.

Pandra mengungkap, saat ini anggota berada di tempat kejadian melakukan lokalisasi agar bentrok tidak meluas. Polisi juga memberikan upaya persuasif agar kedua kelompok yang berselisih bisa menahan diri.

"Kapolres saat ini sudah berada di tempat kejadian untuk menetralkan suasana dan melakukan pendekatan kepada kelompok yang bertikai," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Tekankan Pentingnya Teknologi dalam Pengembangan Smart City

Posted: 17 Jul 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pameran dan forum teknologi industri terbesar dan terlengkap di Indonesia kembali digelar selama tiga hari. Pameran tersebut berlangsung pada 17-19 Juli 2019 Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Pergelaran yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) diselenggarakan bersamaan dengan Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo PoolTech, Indo Security, Indo Firex 2019 Expo & Forum, dan Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX) Jakarta 2019.

Dalam sambutannya, JK menekankan teknologi yang hebat akan memberikan manfaat besar jika didukung oleh inovasi dan kemampuan dalam mengelola teknologi.

"Apapaun peralatannya, apapun teknologinya tanpa wali kota, bupati, dan gubernur yang cerdas tidak akan tercapai kota cerdas (smart city)," ujar JK di Jakarta, seperti ditulis Kamis (18/7/2019).

Kota cerdas, menurut Kalla, merupakan upaya memaksimalkan pemakaian teknologi untuk pengelolaan kota. Misalnya, pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik, pengaturan lalu lintas yang efisien, akses ke layanan kesehatan yang mudah berkat teknologi, serta ketersediaan air bersih hingga ke tangan konsumen.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Napindo Media Ashatama merupakan pameran dan forum yang menampilkan konsep sekaligus inovasi sistem perkotaan dengan mengintegrasikan teknologi digital. Tujuannya, membangun kota yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayanan penduduk, ekonomi, pemerintahan, mobilitas, dan lingkungan hidup, sehingga membuat kota tersebut menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan, serta layak huni (sustainable).

Ajang ini diharapkan menjadi platform yang terbukti bagi para profesional industri untuk memperoleh informasi terbaru tentang tren dan perkembangan terbaru sekaligus membangun kemitraan yang berharga.

Pameran menampilkan teknologi terkini bidang industri air, air limbah, pengelolaan limbah, energi baru terbarukan, kolam renang, keamanan, proteksi kebakaran, SAR, penanggulangan bencana, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), serta pengembangan kota cerdas.

 

 

Teknologi Guna Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Teknologi dan media sosial telah menjadi kekuatan untuk semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Pameran diikuti oleh 565 peserta pameran dari 30 negara. Turut diundang juga para kepala daerah dari 548 provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia.

Penyelengggara kegiata ini Napindo Media Ashatama menargetkan 20.000 pengunjung turut meramaikan selama tiga hari penyelenggaraan. Waktu operasional pameran direncanakan mulai pukul 10.00-18.00 WIB (17-18 Juli) dan 10.00-17.30 (19 Juli). Pameran ini dapat  dihadiri oleh pengunjung pemerintahan dan profesional tanpa dipungut biaya.

Managing Director PT Napindo Media Ashtama, Arya Seta Wiradipoera mengatakan, pameran ini adalah yang terbesar dari tahun sebelumnya, dimana lokasi pameran sudah menggunakan seluruh ruangan yang ada di JCC ini. 

Hadir dalam kesempatan ini 19 Gubernur, 14 Walikota dan 75 Bupati di seluruh Indonesia, disamping tiga menteri dan dibuka resmi Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

"Kami mengundang orang-orang mancanegara untuk melihat industri yang tengah berkembang di Indonesia saat ini. Pameran ini pastinya bermanfaat bagi pemerintah Indonesia dan negara-negara lain untuk memberikan solusi melalui teknologi dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat," ujar Arya.

Lebih jauh Arya mengatakan, adanya perusahaan asing dalam pameran ini bukan untuk menguasai pasar teknologi di Tanah Air. Melainkan diharapkan akan ada transfer of technology (ToT) dari peralatan yang dipasarkan.

"Dengan adanya perusahaan asing dalam pameran ini dapat membuka wawasan dan jaringan para pelaku industri di Indonesia. Selain itu, diharapkan pula akan ada  transfer of technology yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik di kalangan pelaku industri maupun di pemerintah pusat hingga daerah," ujar Arya.

   

Soal Smart City, Pemerintah Daerah Jangan Merasa Terbebani

Ilustrasi smart city (ist.)

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen APTIKA), Semuel Abrijani Pangerapan meminta pemerintah daerah untuk tidak terbebani dalam menyiapkan infrastruktur teknologi, khususnya yang digunakan untuk menerapkan smart city di daerahnya.

Menurutnya, teknologi adalah enabler, bukan menjadi satu-satunya solusi.

"Jadi bukan satu-satunya solusi untuk menyelesaikan atau membangun smart city,"kata pria yang akrab disapa Semmy ini dikutip dari laman resmi Kemkominfo via Merdeka, Senin (20/5/2019). 

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah pusat akan segera menyiapkan satu fasilitas penyimpanan data-data strategis dan aplikasi-aplikasi yang sifatnya umum untuk membantu daerah dalam membangun smart city.

"Pemerintah pusat akan menyediakan masterplan pembangunan smart city untuk pemerintah daerah," jelas dia.

Kontribusi Kemkominfo yang menyediakan berbagai infrastruktur untuk membantu pemerintah daerah di wilayah 3T agar mendapatkan akses internet yang baik melalui Palapa Ring.

"Palapa Ring adalah suatu proyek pemerintah yang mana menyambungkan semua kota dan kabupaten dengan fiber optik. Sementara untuk pulau-pulau yang terpencil, pihaknya akan meluncurkan satelit pada tahun 2022," ungkap dia.

Semmy berharap pemerintah daerah memiliki keinginan untuk berubah menjadi lebih baik dan mendorong masyarakatnya untuk lebih maju demi mewujudkan smart city.

"Syarat pertama adalah kemauan kita untuk berubah dan kita harusnya jadi leading dan sebagai leading-nya ini kita jadi tut wuri handayani benar-benar mendorong masyarakat juga berubah," pungkasnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Calon Haji Embarkasi Jakarta Wafat di Madinah

Posted: 17 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Kabar duka kembali datang dari Tanah Suci. Satu calon haji meninggal dunia di Madinah. Almarhum bernama Ahmad Suparman bin Jubed (53 tahun).

Calon haji tersebut berasal dari Embarkasi Jakarta kloter JKS 01, yang meninggal pada 17 Juli 2019, di RSAS Madinah. 

Informasi wafatnya jemaah mengutip data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Kamis (18/7/2019) pukul 8.00 WAS.

Dengan demikian tercatat 7 jemaah haji telah wafat. Mereka antara lain Khairil Abbas Salim (BTH 23), usia 62 tahun, meninggal pada 8 Juli 2019 di RSAS Madinah, Sumiyatun Sowikromo Sutardjan (SOC 2), usia 57 tahun, meninggal pada 8 Juli 2019 di pesawat menuju bandara Madinah.

Kemudian Mudjahid Damanhuri Mangun (SOC 44), usia 74 tahun, meninggal pada 9 Juli 2019 di RSAS Madinah;Subli bin Muhammad Nasri (BTH 32), usia 61 tahun, meninggal pada 11 Juli 2019 di RSAS Madinah.

Artapiah Armin Musahab (JKG 86), usia 60 tahun, meninggal pada 12 Juli 2019 di pesawat menuju bandara Madinah. Serta, Soeratno G Mangun Wiyoto (SUB 45), usia 74 tahun, meninggal pada 15 Juli 2019 di RSAS Madinah.

Hingga hari ini, jemaah haji yang berada di Madinah sudah mencapai 77.447 orang dari 191 kloter dengan jumlah petugas 955 orang. Adapun total jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci mencapai 81.086 jemaah haji dari 200 kloter.

Jemaah diberangkatkan dari 13 embarkasi di seluruh Indonesia. Embarkasi antara lain Jakarta (JKS dan JKG), Surabaya (SUB), Palembang (PLM), Lombok (LOM), Ujung Pandang (UPG), Batam (BTH), Medan (MES), Padang (PDG) dan Solo (SOC).

Saat ini, sebagian jemaah haji di Madinah sudah mulai bergerak ke Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

 

Masa Puncak, Jemaah Haji di Madinah Capai 77.447

Jemaah Haji Indonesia Tiba di Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah.Foto: Darmawan/MCH

Puluhan ribu jemaah haji Indonesia terus tiba di Madinah. Jumlahnya kini sudah mencapai 77.447 orang dari 191 kloter dengan jumlah petugas 955 orang.

Adapun total jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci mencapai 81.086 jemaah haji dari 200 kloter.

Jemaah diberangkatkan dari 13 embarkasi di seluruh Indonesia. Embarkasi antara lain Jakarta (JKS dan JKG), Surabaya (SUB), Palembang (PLM), Lombok (LOM), Ujung Pandang (UPG), Batam (BTH), Medan (MES), Padang (PDG) dan Solo (SOC).

Demikian menurut data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag, Kamis (18/7/2019) pukul 07.38 Waktu Arab Saudi (WAS).

Saat ini, sebagian jemaah haji di Madinah sudah mulai bergerak ke Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Akhmad Jauhari menuturkan jika kedatangan jemaah haji sudah mencapai puncaknya. "Karena memang puncak jamaah di Madinah itu antara 60 ribu sampai 65 ribu. Setelah itu secara berangsur jumlah itu akan berkurang sesuai dengan jumlah pendorongan kita dari Madinah menuju ke Makkah," jelas dia, kemarin.

Dia menuuturkan jika akhir kedatangan jemaah gelombang satu di Madinah adalah pada Sabtu (20 Juli 2019).

Sebanyak 31 kloter diantaranya yang membawa 12.973 jemaah dan petugas haji, saat ini telah berada di Kota Makkah. Selanjutnya, pada hari ini direncanakan sebanyak 6.551 jemaah dan petugas haji akan diberangkatkan dari Madinah ke Makkah.

Pada tahun ini, Indonesia kebagian kuota haji sebesar 221 ribu dari Pemerintah Arab Saudi. Dengan rincian, 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus.

Kemudian ada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi sebesar 10 ribu jemaah. Indonesia merupakan negara terbanyak mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci setiap tahunnya dibandingkan dengan negara lain.

Tonton Video Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Bakal Gandeng Kejaksaan Jika Dana Jasmas Kembali Cair

Posted: 17 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya masih menunggu arahan dari pihak kejaksaan jika nanti jaring aspirasi masyarakat (Jasmas) bisa dicairkan lagi.

"Paling tidak kita butuh pendampingan dari pihak kejaksaan agar tidak ada lagi penyalahgunaan karena itu memang murni untuk kepentingan rakyat Surabaya," ujar Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, seperti dikutip dari laman Antara, Kamis (18/7/2019).

Dengan ada kasus Jasmas 2016 yang melibatkan dua anggota dewan periode 2014-2019 menjadi tersangka akan membuat anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024 yang dilantik pada Agustus terancam tidak dapat bantuan dana hibah Jasmas.

Whisnu menuturkan, sejak ada kasus Jasmas 2016 yang melibatkan sejumlah anggota dewan, kejaksaan sudah memeriksa terhadap pihak-pihak terkait. "Ada indikasi bahwa itu ada penyalahgunaan," ujar dia.

Ia menuturkan, sejak tahun lalu, Pemerintah Kota Surabaya sudah menghentikan proses dana jasmas. Bahkan hingga 2019, anggaran murni APBD 2019 sudah tidak dimasukkan.

Terkait kasus jasmas, Whisnu menuturkan, tentu hal itu akan berdampak pada anggota DPRD Surabaya periode baru. Hal ini karena belum tentu bisa mendapatkan dana jasmas tersebut.

"Ya pasti belum tentu dapat. Nanti kita akan komunikasikan lagi dengan kejaksaaan, kalaupun memang diperbolehkan, kita mohon pendampingan untuk proses itu biar tidak salah," kata dia.

Whisnu menilai, dana jasmas ini sangat bagus karena bisa langsung diberikan kepada warga Surabaya untuk kegiatan sosial. Akan tetapi, kalau ada penyalahgunaan seperti itu, pemkot akan menghentikan jasmas dulu.

"Kita tetap minta pendampingan kejaksaan untuk proses itu agar pemkot tidak salah," kata dia.

Jadi Tersangka

Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Surabaya menahan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Dharmawan usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus jaring aspirasi masyarakat pada tahun anggaran 2016. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Wakil Ketua DPRD Surabaya dari Partai Gerindra, Aden Darmawan ditahan pihak Kejaksaan Tanjung Perak Surabaya usai menjalani pemeriksaan atas kasus jasmas pada Selasa 16 Juli 2019.

Kejari Tanjung Perak sebelumnya juga telah menahan anggota DPRD Surabaya dari Partai Hanura, Sugito dengan kasus yang sama. Penetapan dua anggota DPRD Surabaya, Sugito dan Aden Darmawan merupakan pengembangan penyidikan dari terdakwa Agus Setiawan Tjong yang saat ini sedang menjalani proses persidangan kasus serupa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

Penyidik Kejari Tanjung Perak Surabaya mengungkap modus yang dilakukan Agus Setiawan Jong adalah dengan mengkoordinasi sebanyak 230 wilayah rukun tetangga (RT) se-Surabaya untuk mengajukan proposal pengadaan tenda, kursi dan perangkat pengeras suara atau sound system.

Proposal-proposal yang telah dibuat kemudian dibawa Agus untuk disodorkan ke anggota DPRD Kota Surabaya, yang lantas disetujui menggunakan dana jasmas, dengan harga-harga yang telah digelembungkan atau mark up.

Kerugian Capai Rp 5 Miliar

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya akan berupaya mengungkap kasus korupsi dana Jasa Aspirasi Masyarakat (Jasmas) tahun 2016, yang melibatkan anggota DPRD Surabaya. Dalam kasus tersebut, negara dirugikan sebesar Rp 5 miliar.

"Ini bagian dari komitmen kami untuk terus mengungkap kasus tersebut. Tentunya pengungkapan berdasarkan pengembangan dari para tersangka," ujar Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya, Rachmat Supriyadi, usai menahan tersangka Dharmawan, Selasa, 16 Juli 2019.

Tersangka Dharmawan merupakan wakil Ketua DPRD Kota Surabaya dari partai Gerindra. Perannya, mengkoordinir proposal dari beberapa RT untuk turut serta mendapatkan fee dari hasil mark up Dana Jasmas 2016.

"Tugas dia mengkoordinir proposal dari RT-RT, untuk mendapatkan komisi. Dan Kerugian negaranya mencapai Rp 5 miliar," terangnya.

Meski demikian pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut berapa komisi yang diterima Dharmawan dan tersangka sebelumnya yakni Agus Setiawan Jong dan Sugito. Agus Setiawan saat ini sudah masuk tahap penuntutan di Pengadilan Tipikor Surabaya.

"Kami sudah mengantongi bukti-bukti. Sedikitnya ada enam anggota DPRD Surabaya yang diduga terlibat atau berbuat secara bersama-sama tersangka  sebelumnya," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 8 Korban Bentrokan di Mesuji Lampung Masih Kritis

Posted: 17 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah korban terluka dalam bentrokan di Mesuji Lampung dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara. 8 korban di antaranya masih dalam kondisi kritis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Wajah 5 Artis Ini Setelah Pakai Aplikasi Wajah Tua

Posted: 17 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Age Challenge menggunakan aplikasi wajah tua tengah booming di Tanah Air. Pengguna layanan media sosial pun berlomba-lomba mengedit wajah mereka dengan aplikasi wajah tua.

Demam aplikasi wajah tua juga menghampiri dunia artis. Sejumlah selebritas Indonesia tercatat menggunakan aplikasi wajah tua untuk memamerkan wajah mereka yang tampak lain dari biasanya.

Tentu saja, penampilan para selebritis menggunakan aplikasi wajah tua menjadi pemandangan menarik di media sosial. Ada yang kagum dengan hasilnya, ada pula perbedaan yang mencolok dari wajah asli para artis.

Liputan6.com merangkum 5 selebritis yang menggunakan aplikasi wajah tua dengan hasil paling banyak disorot warganet. Siapa saja?

 

 

 

 

Arie Untung dan Fenita Arie

Arie Untung dan istrinya, Fenita Arie juga sepertinya tidak mau kalah dalam meramaikan age challenge ini.

"Sekarang atau 30 taun lagi, Eeh maap kok aku tetep kayak sekarang ya?" Tulis Arie Untung pada keterangan foto.

 

Agnez Mo

Agnes Monica atau yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan Agnez Mo ini juga ikut meraikan tantangan Age Challenge. Walau terlihat tua namun artis yang satu ini masih terlihat sangat cantik ya!

 

Aryani Fitriana dan Donny Michael

Aryani Fitriana dan sang suami, Donny Michael, juga ikut meramaikan tantangan age challenge. Walau dalam foto terlihat keriput, Aryani Fitriana dan Donny Michael terlihat sangat serasi.

Apalagi keduanya mengenakan busana serba butih. Aryani Fitriana dan Donny Michael dikenal sebagai pasangan suami istri yang kompak. Dalam hal berbusana pun, keduanya selalu memperlihatkan kekompakan seolah menunjukkan sisi romantisme.

 

Kezia Karamoy

Kali ini giliran Kezia Karamoy yang membagikan foto Age Challenge-nya. Dalam foto terlihat Kezia Karamoy sedang berada di hamparan salju bersama sang suami, Axcel Narang, lengkap dengan perlengkapan ski. 

 

Giring

Nampaknya Giring juga tidak ingin ketinggalan zaman, dirinya juga ikut serta meramaikan challenge ini. Bahkan pada foto tersebut, Giring menyertakan pertanyaan romantis yang ditujukan untuk sang istri.

"Will you still love me, will you still want me when i'm 86 @cynthiaganesha ? #love." tulis Giring menyertai foto dirinya dan sang istri dengan menggunakan aplikasi wajah tua. (Nurul Hanasah/ mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Dino Patti Djalal Kritik Rich Brian Jadi Sorotan

Posted: 17 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Video tentang Dino Patti Djalal yang viral di media sosial setelah mengkritik Rich Brian, menjadi artikel paling populer di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (18/7/2019).

Artikel lain yang juga menjadi sorotan pembaca kemarin, termasuk detik-detik peluncuran 5 ribu model roket dan Galaxy Note 10 bakal pakai chipset Exynos 9825.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa intip ketiga artikel tersebut berikut ini.

1. Dino Patti Djalal Kritik Rich Brian di Twitter

Ketum Asosiasi Dosen Indonesia Dino Patti Djalal memberikan sambutan dalam pembukaan pameran World Post Graduate 2018 di Jakarta, Sabtu (12/5). WPG ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Nasional. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nama Dino Patti Djalal mendadak viral di media sosial usai ia mengunggah kritik kepada Rich Brian di akun Twitternya. Unggahan itu ditanggapi beragam oleh warganet.

Selengkapnya baca di sini

2. Detik-Detik Peluncuran 5 Ribu Model Roket

Ilustrasi: Drone (Sumber: The Verge)

Peringatan 50 tahun misi bersejarah Apollo 11 ke bulan ditandai dengan peluncuran 5 ribu model roket secara bersamaan di Alabama Amerika Serikat.

Selengkapnya baca di sini

 

3. Samsung Galaxy Note 10 Pakai Chipset Exynos 9825

Chipset Samsung Exynos 9810 yang kabarnya akan disematkan pada duo Galaxy S9 (Sumber: Gizmochina)

Bulan depan atau lebih tepatnya 8 Agustus 2019, Samsung bakal mengungkap kehadiran Galaxy Note 10.

Jelang pengumuman resminya, bocoran informasi tentang lini terbaru Note inipun semakin marak muncul di internet.

Salah satu bocoran yang sudah diketahui saat ini, yakni Galaxy Note 10 akan diumumkan dalam dua varian di mana salah satunya menggunakan chipset Qualcomm, sementara varian lainnya memakai Samsung Exynos.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakapolda Jabar Mengundurkan Diri dari Seleksi Capim KPK

Posted: 17 Jul 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peserta Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalani uji kompetensi pada Kamis (18/7/2019). Dari 192 yang ikut seleksi, empat diantaranya dinyatakan gugur.

Ketua Panitia Seleksi Capim KPK Yenti Garnasih menjelaskan, peserta yang mengikuti seleksi pada hari ini berjumlah 188 orang, sementara yang tidak hadir ada empat orang.

"Dua orang tanpa keterangan, satu terlambat. Sedangkan Satu orang mengundurkan diri. Dia Wakapolda Jawa Barat Brigjen Akhmad Wiyagus," kata Yenti di Pusdiklat Setneg, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

Yenti mengatakan, peserta yang terlambat datang saat seleksi capim KPK hari ini tidak diperkenankan mengikuti ujian. Menurut Yeni, hal ini sudah berdasarkan peraturan yang berlaku.

"Jadi toleransinya cuma 30 menit," ucap dia.

Yenti menerangkan, hasil tes akan diumumkan pada Senin 22 Juli 2019 mendatang. Peserta yang lolos, nantinya akan mengikuti psikotest pada 28 Juni 2019.

"Nanti di sana kita menju ke profil assesment tes-tes yang lain kemudian kita uji publik kerjasama media, baru kita wawancara," ujar dia.

Ujian Tertulis

Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan tes uji kompetensi di Pusdiklat Setneg, Jakarta Selatan pada Kamis (18/7/2019). (Foto: Ady Anugrahadi/Liputan6.com)

Sebelumnya, ada 192 orang yang akan mengikuti seleksi tahap kedua tersebut. Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK Yenti Ganarsih mengatakan, uji kompetensi dilaksanakan di Pusdiklat Sekretariat Negara (Setneg), Jalan Gaharu I, Cilandak, Jakarta Selatan.

Para kandidat terlebih dulu harus melakukan proses registrasi pukul 07.00 WIB sebelum mengikuti uji kompetensi.

"Besok ada tes tahap 2 uji kompetensi Capim KPK. Test dilakukan mulai jam 08.00 sampai dengan 13.00 WIB," kata Yenti saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019.

Dia menjelaskan, uji kompetensi ini berupa objective test dan penulisan makalah. Para kandidat capim KPK akan diminta menuliskan makalah dalam waktu 180 menit dengan tema yang ditentukan oleh panitia.

"Peserta akan membuat makalah di tempat," ucap Yenti.

Pansel kemudian akan mengumumkan hasil uji kompetensi pada 25 Juli 2019. Capim KPK yang lolos uji kompetensi akan mengikuti psikotes dan profile assessment.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Wisata Kuliner Solo yang Melegenda, Ada Sejak Masa Kolonial

Posted: 17 Jul 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Solo wajib dikunjungi saat Anda sedang berlibur ke kota budaya ini. Solo menawarkan ragam wisata menarik mulai dari budaya, belanja, dan pastinya kuliner. Wisata kuliner Solo memiliki cita rasa khas yang tidak dimiliki kuliner daerah lain. 

Beberapa wisata kuliner Solo begitu melegenda dan dikenal baik warga lokal maupun warga luar Solo. Wisata kuliner Solo dipengaruhi oleh masakan-masakan tradisional Jawa yang telah diturnkan dari generasi ke generasi.

Kuliner Solo bahkan sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Masakan seperti Selat Solo, Nasi Liwet, Tengkleng telah menjadi bagian dari sejarah berkembangnya kota Solo hingga saat ini.

Wisata kuliner Solo pun mudah diakses karena berada pada pusat kota. Soal harga, wisata kuliner Solo cukup ramah di kantong. Berikut wisata kuliner Solo yang melegenda, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(18/7/2019).

Timlo Solo

Kuliner Timlo Solo (sumber: surakarta)

Timlo merupakan sejenis sup berkaldu bening. Timlo biasanya juga berisi hati ampela, sosis solo, dan telur pindang. Sajian ini nikmat disantap bersama nasi hangat, sambal, dan jeruk perasan jeruk nipis. Timlo Solo begitu khas dan banyak jadi tujuan kuliner para wisatawan.

Salah satu warung timlo yang amat terkenal di kota Solo adalah Timlo sastro. Timlo Sastro tak pernah sepi pengunjung baik pagi dan sore hari. Berada di belakang Pasar Gedhe Solo, Anda bisa menikmati satu porsi Timlo Solo lengkap dengan harga Rp 20 ribu rupiah. Timlo Sastro buka mulai pukul 06.00 pagi sampai 15.30 sore.

Tengkleng

Tengkleng bu Edi di Pasar Klewer (sumber: surakarta)

Wisata kuliner Solo yang tak boleh terlewatkan selanjutnya adalah tengkleng. Tengkleng merupakan olahan tulang kambing berkuah mirip dengan gulai kambing. Konon menurut para tetua di kota Solo hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati masakan daging kambing.

Hanya kepala, kaki, dan tulang saja yang tersisa untuk pekerja dan tukang masak. Para juru masak pada waktu itu tak kurang akal, maka dimasaklah tulang-tulang itu yang tentunya masih menempel sedikit daging.

Tengkleng kemudian menjadi makanan khas Solo yang punya banyak penggemar. Salah satu penjaja tengkleng yang paling terkenal adalah tengkleng Bu Edi.

Lokasi tengkleng Bu Edi berada di kawasan Pasar Klewer, Solo. Tepatnya berada di bawah bagian utara gapura Slompretan (gapura pasar Klewer). Buka pada pukul 2 siang, Tengkleng Bu Edi bisa habis dalam hitungan jam. Bahkan banyak yang rela antre sebelum warung dibuka.

Sate Kere

Sate Kere. (Liputan6.com/Fajar Abrori).

Para pecinta kuliner Solo pasti tak asing dengan sate kere. Terbuat dari tempe gembus yang dibakar laiknya sate, kuliner satu ini begitu merakyat dan murah meriah. Sate kere biasanya diajajakan bersama sate jeroan sapi seperti paru, limpa, hati, usus, torpedo, ginjal dan juga babat.

Sebelum dibakar sate kere dibumbui dengan bumbu khas dan kemudian ditambahkan saus kacang. Sate ini nikmat disantap berasama lontong dan sambal.

Warung sate kere yang terkenal di kota Solo adalah Sate Kere Yu Rebi yang berada di selatan stadion Sriwedari. Selain Sate Kere Yu Rebi, Anda juga bisa menemukan hidangang sate kere di depan TK Marsudirini Jl. Sugiyopranoto No.4, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon. Kedua warung sate kere ini buka setiap pagi.

Serabi Solo

Serabi notosuman yang lezat (sumber: surakarta)

Serabi menjadi kuliner khas beberapa daerah. Solo juga punya serabi khasnya sendiri. Serabi Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan dipanggang pada sebuah wajan kecil di atas arang. Serabi Solo memiliki cita rasa gurih, biasanya diberi topping pisang, cokelat, bahkan keju.

Salah satu Serabi Solo yang paling terkenal adalah serabi Notosuman. Berada di daerah Notosuman, di sepanjang jalan Moh. Yamin, Serengan berjejer outlet serabi Notosuman yang tak pernah sepi pembeli. Bahkan konsumen rela antre untuk mendapatkan serabi Notosuman ini. Serabi Notosuman buka pada pukul 5 pagi hingga 4 sore.

Selat Solo

ilustrasi selat solo/copyright Shutterstock

Makanan khas kota Solo lainnya adalah selat Solo. Hidangan satu ini merupakan perpaduan kuliner barat yaitu salad dengan cita rasa lokal. Selat Solo terdiri dari potongan daging sapi, buncis rebus, kentang, wortel, telur dan saus mayonais yang disiram dengan kuah kecap.

Hidangan ini merupakan percampuran antara bistik, salad dan sup. Pada masa kolonial, orang Eropa membawa bahan-bahan masakan serta teknik-teknik memasak khas Eropa. Para ningrat dan kaum terdidik di Solo.

Masakan ini kemudian diadaptasi dan diselaraskan dengan cita rasa khas Solo yang menghasilkan kudapan Selat Solo. Selat Solo yang terkenal adalah Selat Mbak Lies di kawasan Serengan.

Nasi Liwet

Nasi Liwet (sumber: iStockphoto)

Nasi liwet adalah nai yang dimasak dengan santan kelapa sehingga mendapatkan rasa gurih. Mirip nasi uduk, nasi liwet disajikan bersama sayur labu siam dan suwiran ayam gurih.

Penduduk kota Solo dan sekitarnya biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam. Nasi liwet telah menjadi bagian dari perkembangan sejarah kota Solo. Bahkan nasi liwet disebut dalam Serat Centhini yang ditulis pada 1819 silam.

Sentra pedagang nasi liwet banyak dijumpai di Desa Duwet dan Menuran Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Namun, kini nasi liwet sudah banyak ditemui di sepanjang jalanan kota Solo.

Nasi liwet yang paling terkenal adalah Nasi Liwet Wongso Lemu, di daerah Keprabon. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Anda bisa menyambangi Nasi Liwet Wongso Lemu pada pukul 4 sore dan buka hingga pukul 1 dini hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Kapten Baru Manchester City, Guardiola Serahkan pada Pemain

Posted: 17 Jul 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Nanjing - Pep Guardiola tidak mau menunjuk kapten baru Manchester City untuk musim depan. Ia menyerahkan keputusan itu pada seluruh pemain.

Saat ini jabatan kapten Manchester City sedang kosong. Pasalnya, pemegang kapten sebelumnya, Vincent Kompany telah pergi akhir musim lalu.

Beberapa nama menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Kompany. Seperti gelandang Spanyol, David Silva dan winger asal Belgia, Kevin de Bruyne.

"Setelah semua pemain kembali, maka kami akan mengadakan rapat. Mereka yang akan memilih kapten, bukan saya," kata Guardiola seperti dilansir Manchester Evening News.

Kompany sendiri cukup sukses sebagai kapten di Manchester City. Ia mampu menyumbang 12 gelar.

 

 

Siap Emban Tugas

Ekspresi pelatih Man City, Pep Guardiola pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (4/4). Manchester City menang 2-0 atas Cardiff City. (AFP/Oli Scarff)

Di sisi lain, De Bruyne juga mengaku siap jika ditunjuk menjadi kapten. Meski ia mengaku menjadi kapten Manchester City bukan hal yang mudah.

"Jika semua pemain menunjuk saya, maka saya pasti senang menerimanya. Tetapi semua harus dibicarakan terlebih dahulu," kata De Bruyne.

"Menjadi kapten merupakan tugas yang penting. Bukan hanya di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan," katanya menambahkan.

Jadwal Pertandingan

Jadwal pramusim Manchester City

20 Juli 2019 Wolverhampton Wanderers Vs Manchester City

24 Juli 2019 Kitchee SC Vs Manchester City

27 Juli 2019 Yokohama Marinos Vs Manchester City

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditetapkan 27 Juli, Kongres Luar Biasa PSSI Bakal Digelar di Ancol

Posted: 17 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta PSSI akhirnya memutuskan untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 27 Juli mendatang. Pelaksanaan KLB tersebut akan dilakukan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, dengan pembahasan tiga agenda utama.

Ketiga agenda tersebut adalah pengesahan revisi Statuta PSSI, pengesahan kode pemilihan PSSI, dan memilih anggota untuk Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan untuk kongres yang akan digelar pada awal tahun depan. 

KLB ini rencananya akan diikuti oleh 85 voters PSSI, yang terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, dan Asosiasi Futsal.

PSSI, melalui ketua panitia pelaksana KLB, Dessy Arfianto, dalam situs resmi federasi, menyatakan surat undangan kongres kepada peserta sudah dikirimkan. PSSI kini benar-benar fokus untuk mempersiapkan KLB.

Sesuai dengan arahan dari FIFA yang disampaikan ke PSSI melalui surat resminya KLB dilaksanakan 27 Juli. PSSI intens berkomunikasi dengan FIFA, tak hanya terkait soal KLB, tetapi juga program dan masalah organisasi lainnya.

 

Pemilihan Ketua Umum

Untuk Kongres PSSI pada Januari 2020, akan menjadi kongres biasa pemilihan untuk memilih 15 Komite Eksekutif PSSI yang terdiri dari Ketua Umum dan dua Wakil Ketua Umum, serta 12 anggota. Komite Eksekutif baru yang terpilih akan bekerja untuk empat tahun periode sampai tahun 2024.

Sumber: PSSI

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditampar Hanung Bramantyo, Bagaimana Perasaan Iqbaal Ramadhan?

Posted: 17 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berperan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan membenarkan dirinya dipukul Hanung Bramantyo saat syuting.

Ia juga tidak membantah apa yang dilakukan Hanung karena dirinya tidak bisa merasakan kepedihan Minke.Pemukulan yang dilakukan Hanung, menurut Iqbaal adalah untuk menumbuhkan rasa sakit pada dirinya.

Menurut Iqbaal Ramadhan, saat dirinya diminta untuk melakukan adegan yang berat untuk salah satu scene di film Bumi Manusia, ia lantas mencoba menghilangkan rasa nyaman pada dirinya.

Untuk menyakiti dirinya Iqbaal mengurung diri, tidak berinteraksi dengan siapapun, tidak makan, dan terus menghilangkan rasa nyaman pada dirinya.

"Pokoknya menyiksa diri sendiri. Sampai akhirnya dibilang sudah selesai syuting. Saya lepas Minke dari diri saya, sudah makan lagi, istirahat, dan ngobrol dengan orang-orang di lokasi," kenang Iqbaal Ramadhan.

 

Terlanjur

(Adrian Putra/Fimela.com)

Ternyata karena satu dan lain hal, masih ada satu scene untuk yang terakhir. Tapi Iqbaal sudah terlanjur melepas ketidaknyamanan yang diciptakannya.

"Akhirnya minta treatment Mas Hanung supaya dapat sakit, sedihnya. Saya merasa butuh rasa sakit fisik yang sebenarnya," jelasnya.

Akhirnya Iqbaal minta disentuh dengan berbagai cara oleh Hanung supaya bisa merasa sakit. "Awalnya dipukul sama handuk, digoyang-gpoyang. Tapi abis take pertama saya merasa masih kurang puas. Saya bilang mas Hanung minta dipukul lagi. Akhirnya saya dipukul, saya berusaha memancing dengan bilang terus, pukul lagi mas. Sampai akhirnya ditampar. Abis itu langsung ke set, syuting langsung take dan ok. Rasanya nggak bisa diulang," kenangnya.

 

Tak Dendam

Pada acara peluncuran poster perdana Bumi Manusia di XXI Epicentrum tersebut juga hadir sang sutradara Hanung Bramantyo. Pengalamannya dalam menggarap film tidak perlu dipertanyakan lagi, contohnya seperti, Jomblo, Catatan Akhir Sekolah, hingga Perahu Kertas.(KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Meskipun harus mendapat pukulan, Iqbaal Ramadhan tak menaruh dendam pada Hanung Bramantyo. Dia sadar sepenuhnya perlakukan itu dilakukan agar dapat yang terbaik untuk film Bumi Manusia.

"Setelah itu kira saling memaafkan. Karena kita tahu tujuannya untuk film. Bagaimana hasilnya? Saksikan di film Bumi Manusia pada tanggal 15 Agustus 2019," dia memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat 192 Capim KPK Jalani Tes Uji Kompetensi

Posted: 17 Jul 2019 09:18 PM PDT

Peserta bersiap mengikuti tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta bersiap mengikuti tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK melakukan tes uji kompetensi calon pimpinan (capim) KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat capim KPK mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK melakukan tes uji kompetensi calon pimpinan (capim) KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat capim KPK mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta bersiap mengikuti tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta bersiap mengikuti tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta melihat daftar hadir tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta melihat daftar hadir tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Alasan Matthijs de Ligt Memilih Juventus, Bukan Barcelona

Posted: 17 Jul 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Matthijs de Ligt selangkah lagi bergabung dengan Juventus. Pemain belakang asal Belanda itu telah menjalani tes medis di J Medical Center, Turin, Rabu (17/7).

Jika dinyatakan lolos, Matthijs de Ligt akan berganti seragam dari Ajax Amsterdam menjadi I Bianconeri. Juventus sendiri dikabarkan sudah mendapatkan kesepakatan dengan pemain berusia 18 tahun itu.

De Ligt memang merupakan salah satu aset paling panas pada bursa transfer musim panas ini. Di usia yang begitu belia, dia sudah menunjukkan potensi luar biasa yang masih bisa dikembangkan lagi.

Tak heran, tidak hanya Juventus yang menginginnya. Klub-klub raksasa Eropa memperebutkan dia. Sebut saja Barcelona, Manchester United, Liverpool, Real Madrid, Bayern Munchen, dan PSG. Barcelona termasuk tim yang ngotot mengejarnya.

De Ligt bahkan sempat dikabarkan sudah pasti bergabung dengan Barcelona. Di Camp Nou sudah ada rekannya yang tiba terlebih dahulu, Frenkie de Jong. Juga, dia bisa meraih semuanya bersama Barca.

Namun, seiring negosiasi yang berjalan semakin alot, Barca semakin jauh dari De Ligt. Justru Juventus yang diam-diam menyalip semua tim lain dan langsung menyodorkan tawaran yang tampaknya tidak bisa ditolak De Ligt.

Berikut 6 alasan Matthijs de Ligt memilih Juventus, Bukan Barcelona.

1. Soal Gaji

Bek Ajax Amsterdam Matthijs De Ligt menggiring bola dari kejaran penyerang Portugal Cristiano Ronaldo sleama pertandingan leg pertama perempat final  Liga Champions di Johan Cruijff ArenA di Amsterdam (10/3/2019). (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Barcelona tidak mau menyamai tawaran gaji yang disodorkan Juventus. Agen De Ligt, Mino Raiola meminta gaji 12 juta euro per tahun untuk De Ligt, dan Barcelona langsung menolak.

Jumlah 12 juta euro memang terlalu besar untuk Barcelona. Inilah yang membuat mereka mundur teratur.

 

2. Komisi Raiola

Mino Raiola (AFP/Valery Hache)

Tidak pernah mudah berurusan dengan super-agen seperti Raiola. Khususnya ketika dia ingin mendapatkan uang dari biaya transfer tersebut.

Barcelona tidak mau dipermainkan dan tidak mau membayar komisi yang diminta Raiola. Fakta ini membuat Raiola lebih suka bernegosiasi dengan Juventus dan mengarahkan kliennya ke klub Italia itu.

3. Sudah Cukup Bek Tengah

Gerard Pique (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Barcelona sebenarnya tidak memburu De Ligt karena butuh, mereka sudah punya beberapa opsi dengan Gerard Pique, Clement Lenglet, Samuel Umtiti, dan Jean-Clair Todibo.

Faktanya, Barca tidak benar-benar membutuhkan bek tengah, dan sebab itu mereka berani menolak tuntutan Raiola.

4. Hasrat De Ligt

Bek Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt  berusaha merebut bola dari penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo selama pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions  di stadion Juventus di Turin (16/3/2019). Juventus mengontrak de Ligt selama selama lima tahun. (AFP Photo/Isabella Bonotto)

Pada kasus Frankie De Jong, yang telah bergabung dengan Barcelona, dia sangat ingin bergabung dengan Barcelona dan semua klub lain yang tertarik akhirnya mundur karena memahami hasrat kuat De Jong.

De Ligt, di sisi lain, tidak terlalu termakan gagasan bergabung dengan Barcelona, dan pada akhirnya itulah yang terjadi.

5.  Prospek Kepulangan Neymar

Barca kaya raya, tetapi jelas tidak bisa membeli semua pemain yang mereka inginkan dalam satu bursa transfer saja. Gagasan kepulangan Neymar bisa jadi menghalangi langkah Barca dalam memburu De Ligt.

 

Neymar (AFP/Josep Lago)

6. Ketekunan Juventus

Penghargaan Golden Boy 2018 diterima De Ligt di Turin, dan pada saat itulah kontak pertama Juventus dimulai. Sejak saat itu, Juventus tekun mengejar De Ligt sampai mendapatkannya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengadilan Tinggi DKI Perberat Hukuman Idrus Marham Jadi 5 Tahun

Posted: 17 Jul 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperberat hukuman terdakwa kasus dugaan suap PLTU Riau 1 Idrus Marham menjadi 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.

Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya mengajukan banding atas vonis 3 tahun penjara denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan terhadap mantan Sekjen Partai Golkar itu.

"Menerima permintaan banding dari penuntut umum pada KPK dan penasihat umum terdakwa," demikian bunyi amar putusan banding seperti dikutip dari laman website Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2019).

Amar putusan tersebut juga membatalkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 9/Pid.Sus-TPK/2019/PN.JKT.PST. pada 23 April 2019 yang dimintakan banding.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Idrus Marham dengan pidana penjara selama 5 tahun," lanjut bunyi amar putusan.

Putusan banding itu dibacakan pada Selasa, 9 Juli 2019. Majelis hakim banding diketuai oleh I Nyoman Sutama, sedangkan Mohammad Zubaidi Rahmat dan Achmad Yusak, masing-masing sebagai anggota majelis.

Jaksa penuntut umum pada KPK Lie Putra Setiawan membenarkan sudah adanya putusan banding kasus Idrus Marham tersebut. Jaksa Lie menyebut putusan banding sesuai dengan tuntutan yang diajukan jaksa.

"Iya, diperberat. Pidana yang dijatuhkan sudah sesuai tuntutan kami, tapi kami belum cek pasal-nya. Semoga sama dengan tuntutan kami," kata Lie saat dihubungi, Kamis (18/7/2019).

 

Belum Putuskan untuk Kasasi

Mantan Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/4/2019). Idrus Marham menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Dirut nonaktif PT PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sementara itu, kuasa hukum Idrus Marham, Samsul Huda, mengaku telah mengetahui putusan tersebut. Namun ia belum memastikan apakah akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atau tidak.

Dalam kasus ini, Idrus divonis bersalah karena dinilai terbukti bersama-sama dengan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, menerima suap dari pemegang saham Blackgold Natural Resources Johanes Budisutrisno Kotjo, sebesar Rp 2,25 miliar terkait proyek PLTU Riau-1.

Sebelumnya, Idrus tak mempermasalahkan jika Pengadilan Tinggi nantinya malah menambah berat hukumannya.

"Jadi masalah berat dan tidak saya serahkan kepada Yang Maha Kuasa," ujar Idrus Marham usai diperiksa di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancol Ajak Pasukan Oranye Liburan Gratis di Dufan

Posted: 17 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Taman Impian Jaya Ancol coba memberikan kesempatan rekreasi di Dunia Fantasi (Dufan) secara terjadwal dan gratis kepada seluruh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Provinsi DKI Jakarta atau yang biasa dikenal sebagai pasukan oranye.

VP Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Agung Praptono mengabarkan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara pihak manajemen PT Taman Impian Jaya Ancol dengan pihak terkait di lingkungan Provinsi DKI Jakarta, dan akan dimulai pada Kamis, hari ini.

"Ini merupakan salah satu bentuk progam CSR dan perhatian kami kepada para petugas yang telah berjasa memberikan pelayanan dan kerja yang baik untuk prasarana dan sarana umum di Ibu Kota Jakarta," ujar dia di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Dia menuturkan, petugas PPSU yang jumlahnya sekitar 20 ribu orang akan diundang secara terjadwal untuk berwisata ke Dufan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kekosongan petugas untuk tetap menjaga prasarana dan sarana umum di Jakarta.

Secara jadwal, kegiatan wisata di Ancol akan dilaksanakan sejak Kamis (18/7/2019), Jumat (19/7/2019), Senin (22/7/2019), Selasa (23/7/2019), dan Rabu (24/7/2019), dengan estimasi rata-rata kedatangan sekitar 4.000 petugas.

Agung berharap, dengan kegiatan wisata gratis ini mampu menambah semangat para petugas PPSU dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.

"Disela-sela rutinitasnya, para petugas juga berhak memperoleh hiburan dengan kegiatan berwisata ke salah satu tempat hiburan terbesar dan terlengkap di Jakarta," pungkas Agung.

478.140 Orang Kunjungi Ancol Selama Libur Lebaran

Pengunjung bermain dan berenang di kawasan Beach Pool, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Kamis (6/6/2019). Hari kedua Lebaran banyak dimanfaatkan warga untuk berlibur dan berekreasi bersama keluarga atau kerabat dengan mengunjungi pantai Ancol. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Libur Lebaran tentunya tempat wisata menjadi tujuan favorit para pengunjung salah satunya kawasan pantai Ancol.

PT Taman Impian Jaya Ancol melaporkan selama libur lebaran mulari dari 4-8 Juni 2019, jumlah pengunjung mencapai 478.140 orang. Angka ini meningkat 15 persen dibandingkan saat musim Lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 415.937 orang.

Memasuki akhir pekan libur lebaran, animo masyarakat untuk berlibur di Pantai Ancol kian meningkat. Sejak H-1 hingga H+3 Lebaran kemarin, jumlah pengunjung semakin meningkat. Bahkan pada hari ini, jumlah pengunjung pada hari ini mencapai 94.574 orang.

Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan sebagian besar jumlah pengunjung memilih untuk mengunjungi kawasan pantai.

"70 persen dari jumlah pengunjung memilih kawasan pantai, setelah itu Dufan, Atlantis, Sea World," jelas Rika.

Rika juga menambahkan wisata pantai dipilih karena harga tiket masuknya yang terjangkau yaitu sebesar Rp 25 ribu per orang. Harga ini sama seperti hari-hari sebelum libur lebaran.

Selain itu, tingginya antusias pengunjung diperkirakan juga karena banyak wahana baru yang ada. Salah satunya seperti yang ada di kawasan Dufan.

Terdapat tujuh wahana baru yang terletak di kawasan Dunia Kartun juga dapat dinikmati dan jadi pelengkap rekreasi di unit rekreasi yang dikenal dengan wahana-wahana ekstrim yang memacu adrenalin.

Dengan hadirnya kawasan dan wahana baru tersebut, jumlah wisatawan yang memasuki kawasan Dunia Fantasi meningkat hingga 11 persen dibandingkan tahun lalu.

Wahana Baru Lainnya

Dunia Fantasi Ancol siap menghadirkan 9 wahana baru (Dok.Istimewa)

Selain Dufan, Atlantis juga memiliki wahana seluncur baru. Dalam kawasan dengan luas area 1.000 m2, terdapat delapan seluncur dan permainan air yang terintegrasi. Pihak Atlantis pun mengklaim, ini merupakan wahana permainan air terbesar dan terlengkap di Indonesia. Hadirnya wahana baru ini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Atlantis hingga 22 persen dibandingkan libur lebaran tahun lalu.

Tidak hanya itu saja, kali ini Ancol dengan mengangkat tema "Pantai Ancol Orchestra, Lebaran For All" telah memberikan kesan meriah dan menghibur pengunjung.

Selama 3 hari berturut-turut selama pekan libur lebaran Pantai Ancol menjadi lebih meriah berkat sajian musik orkestra dan penampilan artis-artis ternama. Diantaranya seperti, Anji, Yovi dan Nuno serta Once. Terlebih sebelum penampilan musik orkestra dilakukan pertunjukan video mapping yang spektakuler dengan media panggung terapung (floating stage) di kawasan Pantai Lagoon.

Tidak ketinggalan ada juga internasional live show Robocar Poli yang selalu ditunggu penampilannya oleh anak-anak di Plaza Pantai Lagoon.

Penambahan jumlah pengunjung Ancol salah satunya juga disebabkan oleh adanya promo paket pembelian tiket bundling di kawasan wisata oseanarium Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol yang mampu mendongkrak 16 persen pengunjung yang liburan ke kawasan tersebut.

Selain adanya paket promo juga ada wahana baru dengan hadirnya biota Penguin dan cinema 5 dimensi (5D) serta tambahan wahana Karausel yang melengkapi destinasi wisata tersebut.

Atraksi unik seperti pemberian makan ikan piranha yang dihadirkan di Sea World Ancol juga mampu meningkatkan minat kunjungan sebesar 9 persen.

Ternyata sajian hiburan tidak berhenti setelah libur Lebaran saja, untuk mengisi liburan sekolah dan meriahkan HUT Jakarta yang jatuh di bulan Juni ini, setiap akhir pekan ada hiburan musik yang menampilkan artis seperti Via Vallen, Steven and Coconutreezz, Wali, Ungu.

Sedangkan pada puncaknya yaitu 22 Juni 2019, Ancol akan menampilkan musisi legendaris Iwan Fals. Acara-acara ini digelar di Pantai Lagoon dan Pantai Carnaval Ancol Taman Impian.

"Alhamdulillah sejumlah wahana dan acara-acara yang telah kami persiapkan menyambut libur lebaran tahun ini menarik minat pengunjung untuk berwisata di kawasan Ancol, dan kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat untuk menikmati libur lebaran di Ancol Taman Impian" tutup Teuku Sahir Syahali, Wakil Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Vidio: Borneo FC vs Barito Putera di Shopee Liga 1 2019

Posted: 17 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Borneo FC akan menjalani pertandingan kandang melawan Barito Putera di Stadion Segiri, Samarinda, Kamis (18/7/2019) dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Derby Kalimantan ini bakal disiarkan langsung secara live streaming di Vidio.

Dalam laga pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019, tim tuan rumah mewaspadai kebangkitan Barito Putera. Seperti diketahui, Barito Putera berhasil mengalahkan tim papan atas Bali United pada pekan lalu.

Kemenangan itu membawa Barito keluar dari zona berbahaya. Saat ini, tim besutan Yunan Helmi berada di posisi ke-14. Borneo FC juga dalam kondisi positif setelah meraih kemenangan atas PSIS Semarang dengan skor 2-0.

Sementara itu, Barito Putera dalam tren positif. Laskar Antasari tak terkalahkan dalam empat partai terakhir. Salah satunya ketika mengalahkan tim papan atas Bali United.

Namun Rizki Pora dkk. harus kerja keras. Karena mereka punya pengalaman pahit saat kalah 2-0 pada laga pramusim melawan Borneo FC di stadion yang sama.

Saksikan Live Streaming Vidio: Borneo FC vs Barito Putera di Shopee Liga 1 2019 dapat Anda saksikan mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Saksikan Live Streaming Vidio: Borneo FC vs Barito Putera di Shopee Liga 1 2019 pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Saksikan Live Streaming Vidio: Borneo FC vs Barito Putera di Shopee Liga 1 2019 silakan klik di sini....

 

Prediksi Susunan Pemain

Borneo FC (4-4-2): Nadeo Argawinata (kiper): Abdul Rachman, Diego Michiels, Javlon Guseynov, Wildansyah (belakang); Ambrizal Umanailo, Finky Pasamba, Renan Silva, Sultan Samma (tengah); Terens Puhiri, Matias Conti (depan).

Pelatih: Mario Gomez

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Donny Monim, Roni Beroperay (belakang); Lucas Silva, Evan Dimas, Paulo Sitanggang (tengah); Samsul Arif, Rafael Silva, Rizky Pora (depan).

Pelatih: Yunan Helmi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hendra/Ahsan Masuk 16 Besar Indonesia Open 2019

Posted: 17 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ganda Putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan berhasil masuk ke babak 16 besar Indonesia Open 2019 setelah mengalahkan Ganda Putra Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perin Jadi Tumbal Kembalinya Buffon ke Juventus

Posted: 17 Jul 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kiper veteran Gianluigi Buffon kembali bergabung dengan Juventus di bursa transfer musim panas 2019. Kembalinya Buffon membuat kiper Mattia Perin dikorbankan.

Perin tidak akan bermain di Juventus lagi pada musim 2019-2020. Eks pemain Genoa itu selangkah lagi pindah ke Portugal guna memperkuat Benfica. 

Juventus akan mendapatkan 15 juta euro dari kepindahan Perin ke Benfica. Perin memilih pindah karena akan semakin sulit bermain di Juventus dengan kedatangan Buffon.

Perin baru semusim di Juventus. Pada musim 2019-2020, pemain 26 tahun itu cuma main sembilan kali. Perin menjadi pelapis Wojciech Szczesny.

Dengan adanya Euro 2020, Perin merasa perlu pergi dari Juventus. Dia perlu menit bermain agar dibawa timnas Italia ke putaran final Euro 2020.

 

Buffon

"Ini adalah petualangan yang menyenangkan dan saya tidak sabar untuk memulai. Saya berterima kasih kepada Juventus karena memberi saya kesempatan untuk meningkatkan banyak musim lalu. Sekarang saya ingin mempraktikkan apa yang saya pelajari," ujar Perin.

Kembalinya Buffon memang membuat Perin tergusur menjadi kiper ketiga. Buffon yang akan melapis Szczesny.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lahir di Tahun yang Sama, Begini 6 Beda Gaya Aurel Hermansyah dan Cut Syifa

Posted: 17 Jul 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua seleb cantik Cut Syifa dan Aurel Hermansyah ialah seleb muda yang berbakat. Ternyata keduanya sama-sama lahir di tahun 1998, dan keduanya tumbuh menjadi gadis yang cantik dan mempesona. Tak ayal, pesona keduanya mampu mebuat para penggemarnya jatuh hati. 

Cut Syifa sendiri hingga saat ini masik eksis di dunia hiburan, sejumlah sinetron sudah ia bintangi. Begitu juga dengan putri sulung Krisdayanti dan Anang Hermansyah,  meski jarang terlihat di layar kaca namun Aurel aktif dalam dunia YouTube, DJ dan berbisnis. Dua-duanya sama-sama kece ya! 

Meski lahir di tahun yang sama, namun dua gadis cantik ini punya gaya busana yang berbeda. Sama-sama kelahiran 1998, begini beda gaya Aurel Hermansyah dan Cut Syifa yang Liputan6.com rangkum dari akun instagram pribadi mereka, Kamis (18/7/2019) 

 

1. Sama-sama menggunakan gaun, Cut Syifa memilih gaun putih sedangkan Aurel gaun hitam dengan bahu yang terbuka.

Cut Syifa-Aurel (Sumber: Instagram/cutsyifaa//aurelie.hermansyah)

2. Berfoto dengan riasan, keduanya sama-sama mempesona ya!

Cut Syifa-Aurel (Sumber: Instagram/cutsyifaa//aurelie.hermansyah)

3. Keduanya saat memakai hijab, Cut Syifa tampil dengan riasan sederhana sedangan Aurel lebih dewasa dengan riasannya.

Cut Syifa-Aurel (Sumber: Instagram/cutsyifaa//aurelie.hermansyah)

4. Menggunakan jaket dengan penutup kepala, Cut Syifa tampil dengan senyum manis, sedangkan Aurel tatapan yang eksotis.

Cut Syifa-Aurel (Sumber: Instagram/cutsyifaa//aurelie.hermansyah)

5. Bergaya di cafe, keduanya memilih rambut belah samping dengan baju yang santai

Cut Syifa-Aurel (Sumber: Instagram/cutsyifaa//aurelie.hermansyah)

6. Potret Cut Syifa dan Aurel saat berselfie, menurut kamu kecean yang mana nih?

Cut Syifa-Aurel (Sumber: Instagram/cutsyifaa//aurelie.hermansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPB Percepat Penanganan Dampak Gempa di Halmahera Selatan

Posted: 17 Jul 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan bantuan logistik dan mengerahkan personel untuk mempercepat upaya penanganan dampak gempa bumi di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Pelaksana Harian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo mengungkapkan saat ini pihaknya tengah mengirimkan bantuan logistik dan peralatan pendukung penanganan bencana.

Bantuan tersebut dikirim menggunakan helikopter Mi-8 dari Ternate menuju Sofifi kemudian Saketa.

"Upaya penanganan selama masa tanggap darurat di bawah kendali pos komando. Pos komando utama berada di Labuha, ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan, dan pos komando lapangan berada di Saketa," kata Agus seperti dilansir dari Antara.

Tim Reaksi Cepat BNPB menemukan sejumlah kendala dalam penanganan bencana di Halmahera Selatan. Di antaranya adalah keterbatasan ketersediaan BBM, gangguan akses komunikasi, keterbatasan tenaga medis, serta keterbatasan alat angkut untuk penyaluran bantuan.

"Kebutuhan mendesak selama keadaan darurat antara lain terpal, selimut, tikar, air minum, makanan siap saji, dan kebutuhan anak-anak," Agus menjelaskan.

BNPB sudah menyalurkan bantuan berupa 130 paket perlengkapan sekolah, 30 matras, 20 tikar, 75 paket sandang, 25 paket perlengkapan keluarga, 40 selimut, dan 20 tenda gulung menggunakan helikopter.

Bantuan lain yang disalurkan menggunakan helikopter yakni 204 paket lauk pauk, 114 paket makanan siap saji, 120 paket makanan tambahan gizi, 30 paket perlengkapan bayi, 20 paket perlengkapan kebersihan keluarga, 30 paket keperluan rekreasional, 29 sarung orang dewasa, dan 250 karung.

3000 Lebih Warga Mengungsi

Ratusan rumah warga rusak dan rata dengan tanah pasca gempa Maluku. (Liputan6.com/Hairil Hiar)

Sebelumnya, BPBD Maluku Utara mencatat 3.104 jiwa masih mengungsi pada 15 lokasi, pasca gempa Maluku. Dari jumlah itu, 49 orang mengalami luka ringan dan 2 orang luka berat. Sementara, jumlah bangunan rumah yang rusak berat terdata 971 rumah dan fasilitas umum 13 unit.

Fasilitas umum yang rusak terdapat 6 unit gedung sekolah, 1 gereja, 2 masjid, 1 polindes, 1 TPQ, 1 PUAD, dan 1 unit rumah guru. Sementara, rumah warga yang rusak berat tersebar di Desa Ranga-Ranga 300 unit, Gane Luar 380 unit, Sawat 6 unit, Gaimu 10 unit, Kuwo 30 unit, Tanjung Jere 2 unit, Lemo-Lemo 131 unit, Liaro 22 unit, dan Desa Tomara 90 unit.

Kepala BPBD Maluku Utara, Ridwan Saban menyebutkan jumlah kerusakan bangunan dan korban gempa Maluku masih terus dalam pendataan, karena tim masih bergerak untuk mendata ke sejumlah desa.

"Kami terkendala akses menuju ke lokasi dalam pendataan. Misalnya saja di Gane yang sebagian desanya tidak ada jaringan telekomunikasi," kata Ridwan, Rabu (17/7/2019).

Ridwan mengatakan tim BPBD provinsi dan TRC BNPB telah berada di lokasi terdampak gempa Maluku di Kecamatan Gane Barat dan Gane Timur Selatan untuk melakukan asesmen, guna mendata tingkat kerusakan, jumlah pengungsi, dan hal lain yang dibutuhkan pengungsi.

"Kami telah mendirikan Posko Lapangan di Desa Saketa, Kecamatan Gane Barat," katanya. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Berat Badan Akan Naik di 1 Tahun Pertama Kuliah

Posted: 17 Jul 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan di awal perkuliahan membawa perubahan fisik. Penelitian ungkap akan ada pertambahan berat badan di tahun pertama kuliah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta tentang Fenomena Topi Awan di Puncak Gunung Rinjani

Posted: 17 Jul 2019 09:02 PM PDT

Mataram - Media sosial diramaikan dengan fenomena "topi awan" putih tebal yang menaungi puncak Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Fenomena alam unik itu sontak menjadi buruan swafoto, baik warga maupun para turis.

Dilansir Antara, Rabu, 17 Juli 2019, topi awan yang terjadi kemarin itu terbilang sempurna. Meski pernah terjadi sebelumnya, warga setempat tetap menilai kejadian itu sebagai peristiwa langka.

"Awan putih yang melingkari puncak Gunung Rinjani kali ini, memang benar-benar sempurna," kata warga Sembalun Lawang, Lombok Timur, Rosidin.

Lingkaran awan putih itu berlangsung sejak pukul 07.00 Wita sampai 09.30 Wita. Kemunculannya tepat saat matahari terbit. "Bahkan warna dan ketebalannya berganti-ganti," katanya.

Awalnya, kata dia, ia mengabadikan fenomena itu dari rumahnya. Ia kemudian berpindah ke rest area Sembalun Lawang dan di lokasi itu sudah banyak yang berswafoto.

"Rest area Sembalun Lawang lokasi yang paling pas untuk mengambil foto Gunung Rinjani secara full," katanya. Hal senada dikatakan Nur Saat, warga Desa Senaru, Lombok Utara yang melihat fenomena alam itu. "Saya semula dikirim foto saja, tapi setelah dilihat memang benar-benar sempurna bentuknya," katanya.

Biasanya "topi awan" tersebut sering terbentuk. Namun, bentuknya tidak sempurna dan tidak berlangsung lama. "Banyak yang swafoto melihat fenomena awan itu," katanya.

Dikaitkan dengan Pertanda Buruk

Mengabadika Fenomena Alam Gunung Rinjani (dok. Instagram@zilmizola/https://www.instagram.com/p/B0A5WZxArkk//Devita Nur Azizah)

Rosidin menjelaskan, fenomena puncak Gunung Rinjani "bertopi" sebetulnya sudah sering kali terjadi. Hanya saja, awan yang melingkar di atas puncak Rinjani itu tidak sebundar dan sebesar seperti yang terjadi pada saat ini.

"Masyarakat sudah biasa melihat ada lingkaran awan di atas puncak Rinjani. Tapi memang yang sekarang tidak sebundar dan sebesar yang sekarang," terang Rosyidin.

Ia mengatakan, meski bukan kejadian pertama kali, banyak warga yang mengaitkan fenomena awan bertopi di atas puncak Rinjani dengan kejadian gempa yang terjadi akhir-akhir ini di daerah itu. Ada pula yang mengaitkan dengan fenomena Gerhana Bulan yang terlihat pada Rabu dini hari sekitar pukul 04.00 Wita di wilayah itu.

Namun bagi warga sekitar Sembalun, kata Rosidin, fenomena puncak Rinjani bertopi pertanda ada orang yang meninggal. Dalam artian, orang yang meninggal bukan orang sembarangan atau masyarakat kecil, melainkan pejabat atau tokoh-tokoh penting.

"Buat warga Sembalun ini pertanda orang meninggal. Tapi kalau dikaitkan gempa, kami tidak percaya. Karena ini kejadian lumrah, setiap musim kemarau pasti awan seperti ini terjadi. Cuman ini mungkin karena lingkarannya lebih besar," ungkapnya.

Penjelasan BMKG

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mataram, Agus Rianto mengatakan fenomena puncak Gunung Rinjani tertutup awan yang melingkar seperti "bertopi" tak ada kaitannya dengan pertanda gempa yang terjadi akhir-akhir ini di Nusa Tenggara Barat.

"Itu fenomena alam dari awan Lenticular," ujarnya di Mataram, kemarin.

Ia menegaskan, fenomena alam Lenticular tidak berkaitan dengan terjadinya gempa bumi. Adapun masyarakat yang mengaitkan fenomena alam Lenticular dengan akan terjadinya gempa adalah sebuah kesalahpahaman.

"Tidak ada kaitannya, itu hanya rumor, awan caping itu berbahaya bagi penerbangan, bukan tanda tanda terjadinya gempa," tegas Agus.

Ia menjelaskan bentuk awan seperti topi/caping/piring raksasa dan awan yang melingkari gunung, disebut Awan Lenticular. Biasanya, awan tersebut dapat ditemukan di dekat bukit atau gunung-gunung, karena terbentuk dari hasil pergerakan angin yang menabrak dinding penghalang besar, seperti pegunungan dan perbukitan, sehingga menimbulkan sebuah pusaran.

Menariknya, awan Lenticular kelihatan begitu padat, namun hakikatnya tidak demikian. Awan ini terlihat padat karena aliran udara lembab terus menerus mengaliri sang awan dan akan keluar lewat permukaan paling bawah. Akibatnya, bentuk awan Lenticular akan bertahan hingga berjam-jam, bahkan berhari-hari.

Bagi dunia penerbangan, awan Lenticular ini sangat mematikan karena sang awan bisa menyebabkan turbulensi bagi pesawat yang nekat memasuki awan atau hanya terbang di dekat awan Lenticular.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produksi Minyak Pertamina EP Berpotensi Naik 1.523 Barel per Hari

Posted: 17 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina EP Asset 5, memulai pengeboran sumur di tiga titik lokasi.  Dari kegiatan ini, akan meningkatkan produksi minyak dan gas bumi (migas) dengan potensi kurang lebih 1.523 barel per hari.

Asset 5 General Manager Irwan Zuhri mengatakan, beberapa sumur yang telah ditajak (sudah dibor) maupun akan ditajak. Sumur-sumur tersebut antara lain B-1813 dan B-1801 Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, STE-13 dan SBR-C8 Sangatta, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, serta LSE-P1904 dan SBJ-P19 di Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Sumur-sumur tersebut akan ditajak (mulai pengeboran) pada Juli dan Agustus, dan diprediksi dapat diproduksikan satu bulan kemudian. Potensi penambahan produksi untuk PEP Asset 5 sebesar kurang lebih 1.523 bph," kata Irwan, di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Dengan adanya pemboran ini, diharapakan dapat memberikan hasil maksimal untuk peningkatan produksi Pertamina EP. Di bawah tanah tidak ada yang bisa memprediksi.

"Namun, melalui bekerja, berdoa, dan beramal Insha Allah target produksi yang dibebankan negara kepada kami dapat tercapai," ujarnya.

PEP Asset 5 merupakan salah satu unit Pertamina EP (PEP) yang mengusahakan kebutuhan energi bagi negeri. PEP Asset 5 beroperasi di wilayah Kalimantan dan mengawasi operasi lima lapangan.

Lima lapangan tersebut antara lain Sangasanga dan Sangatta Kalimantan Timur, Tarakan dan Bunyu Kalimantan Utara, serta Tanjung Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Berdasarkan data akhir Juni 2019, tercatat produksi (YTD) minyak mentah PEP Asset 5 sebesar 17.905 barrel oil per day (BOPD). Sedangkan produksi gas bumi tercatat sebesar 16,57 million standard cubic feet per day (MMSCFD).

Produksi Blok Mahakam Terus Merosot, Pertamina Bor 52 Sumur Pengembangan

Lapangan Handil Blok Mahakam di Kutai Kartanegara Kaltim. (Abelda Gunawan/Liputan6.com)

PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) melakukan pengeboran di Wilayah Kerja (WK) Mahakam. Dari target 118 sumur pengembangan sepanjang 2019, telah terealisasi 52 sumur sampai dengan Juni 2019.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan, sejak mengelola Blok Mahakam, Pertamina menggenjot operasi untuk menahan laju penurunan alamiah produksi yang pada 2017 telah mencapai 57 persen. Angka tersebut saat ini berhasil ditekan Pertamina pada level 25 persen. Upaya ini terus dilakukan secara maksimal melalui pengeboran sesuai rencana.

"Kami terus melanjutkan pengeboran 118 sumur hingga akhir 2019 ini, sehingga diharapkan in year decline rate bisa ditahan atau flat, sekaligus mulai mempersiapkan pengeboran sumur eksplorasi dalam di 2020," kata Dharmawan, di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Pada 2018, Pertamina berhasil memproduksi gas sekitar lima persen di atas prediksi operator sebelumnya. Bahkan, untuk 2019, Pertamina menargetkan produksi Mahakam lebih tinggi dari proposal operator sebelumnya.

"Target ini cukup menantang mengingat tingkat maturasi yang cukup tinggi dari zona produksi eksisting, sehingga kontribusi produksi Mahakam saat ini datang dari kantung-kantung reservoir yang lebih kecil dengan jarak antarsumur lebih dekat," jelasnya.

Dorong Efisiensi

Lokasi penampungan minyak dan gas di Terminal Senipah, Peciko, Blok Mahakam, Kalimantan. (Abelda/Liputan6.com)

Selain itu, penciptaan nilai harus dilihat dari berbagai sisi, tidak hanya volume tapi juga efisiensi.

Pada 2018, Pertamina berhasil menurunkan biaya penggantian operasi produksi migas oleh negara (cost recovery) Blok Mahakam dari USD 1.271 juta menjadi USD 973 juta pada 2018, sehingga berimbas kepada laba perusahaan.

Dia pun meyakini, manajemen biaya juga menjadi salah satu kunci meningkatkan hasil, di samping dibutuhkan pula terobosan berupa eksplorasi baru.

"Pengeboran juga lebih efisien yakni dari 11 hari menjadi hanya 6 hari, sehingga biayanya juga turun," tandasnya.

Sebagai informasi, untuk menjaga tingkat kewajaran produksi yang telah memasuki periode penurunan alamiah sejak 2010, maka satu tahun sebelum alih kelola, Pertamina melakukan intervensi pendanaan untuk pengeboran di 15 sumur WK Mahakam yang diproduksikan di 2018 .

Hal ini dilakukan karena berdasarkan hasil evaluasi, terjadi penurunan investasi sumur di tahun 2016 menjadi 44 sumur dan di 2017 menjadi 6 sumur. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Musim Kemarau, Muncul Embun Es di Lahan Pertanian Kertasari Bandung

Posted: 17 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Suhu udara yang dingin dirasakan warga di sejumlah wilayah di Jawa Barat. Bahkan, di lahan pertanian warga Kertasari, Kabupaten Bandung, muncul fenomena menarik, yaitu embun yang menjadi es.

Embun beku tersebut terpantau di jalan raya sekitar Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kamis (18/7/2019) pagi. Embun es ini juga tampak menempel di rumput, meski belum begitu tebal.

Buliran embun es itu memantulkan panorama nan memesona. Sementara, sekitar pukul 05.00 WIB, suhu di Kertasari sekitar 9 derajat Celsius, hasil mengecek di kondisi cuaca via Google.

Menurut Igin (64), warga setempat, suhu dingin di sini sudah terasa sejak sepekan terakhir.

"Dinginnya terasa berbeda dari biasanya. Kalau sekarang (suhu tadi malam) sampai 0 derajat Celsius, dilihat dari termometer di pabrik," kata pria yang bekerja di kebun teh itu.

Menurut Igin, suhu dingin terasa paling menusuk tulang pada Selasa pagi. Dia bahkan melihat embun beku bertebaran di lahan pertanian.

"Hari ini lebih mendingan dinginnya dibanding kemarin. Kalau embun beku memang sudah ada," ujarnya.

Sebelumnya, peneliti cuaca dan iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin mengatakan, suhu terdingin di puncak kemarau periode Juli ini mencapai rekor 16,4 derajat Celsius.

"Dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung tercatat selama bulan Juli 2019 ini, suhu udara terendah tercatat sebesar 16,4 derajat Celsius pada tanggal 12 Juli 2019," kata Iid dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 16 Juli 2019.

Sedangkan, di lokasi pos observasi geofisika Lembang yang berada di ketinggian 1.241 meter, tercatat 13,0 derajat Celsius pada tanggal 16 Juli 2019.

"Suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau," kata Iid.

Untuk Jawa Barat, kata dia, periode musim kemarau datang pada bulan Juni dengan terlebih dahulu masuk di wilayah sekitar pantura, kemudian bergerak ke arah selatan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Benjolan di Wajah Ternyata Cacing yang Hidup dan Bergerak

Posted: 17 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita menemukan adanya benjolan kecil yang terasa gatal di wajahnya. Yang membuat dia bingung adalah benjolan itu tampak bergerak di sekitar wajahnya.

Artikel tentang temuan cacing yang hidup di kulit wajah seorang wanita menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang hal-hal yang tak bisa dilakukan oleh kebanyakan orang.  

Sementara artikel ketiga terpopuler membahas tentang zodiak yang minderan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Dikira Benjolan Biasa, Ternyata Cacing Hidup di Kulit Wajah Wanita Ini

Doc: New England Journal of Medicine / Facebook

Wanita yang tak disebutkan namanya itu mengambil foto untuk mendokumentasikan 'benjolan bergerak' tersebut.

Karena tidak memiliki gejala lain dan benjolan itu tidak benar-benar menyakitkan, wanita itu membiarkan masalah tersebut.

Selengkapnya...

2. 8 Hal yang Hampir Tidak Bisa Dilakukan Manusia. Kamu Bisa?

Sumber: Lionsgate copyright Good Luck Chuck dan Wikimedia Commons copyright BigH22

Manusia tentu bisa melakukan banyak hal dengan tubuhnya. Tubuh manusia memang memiliki banyak fungsi. Namun, tak semua hal bisa dilakukan setiap orang, bukan?

Meski sederhana dan tidak terlalu penting dilakukan, tapi tidak semua individu bisa melakukan beberapa hal ini. Sejumlah orang dengan keadaan tertentu mungkin dapat melakukannya, tapi kebanyakan tidak bisa.

Selengkapnya...

3. Merasa Minder, Deretan Zodiak Ini Suka Mencela Dirinya Sendiri

Photo by Jing Col Mend from Pexels

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tentu tidak semua individu merasa sempurna dan sering kali merasa kekurangan dalam dirinya.

Meski memang setiap orang tak pernah puas dengan apa yang dimilikinya, namun ternyata beberapa individu, berdasarkan zodiaknya, punya kecenderungan mencela diri sendiri lebih parah dari yang lainnya.

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernyataan Juventus Bikin Kecewa AC Milan

Posted: 17 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan kini mulai memperhatikan soal bek Juventus Merih Demiral. Bahkan, klub raksasa Serie A itu, ingin meminang pemain asal Turki itu.

Tapi, Juventus tidak berniat membiarkan bek itu pergi. Pernyataan itu membantah rumor yang menyebut Juventus sedang mempertimbangkan untuk mengirim Demiral ke AC Milan dengan status pinjaman.

Sky Sport Italia menjelaskan bahwa Rossoneri berharap bisa mendatangkan Demiral dengan memanfaatkan kepindahan Matthijs de Ligt ke Juventus.

Namun, Bianconeri tidak berniat menggeser Demiral. Bahkan jika melakukannya, mereka masih ingin 'mengendalikan' masa depannya.

AC Milan sepertinya akan sulit merekrut Demiral. Terlebih, direktur olahraga Fabio Paratici memiliki banyak kepercayaan kepadanya.

Pinjaman

Pemain berusia 21 tahun baru-baru ini bergabung dengan Juventus dengan nilai pembelian sekitar 18 juta euro. Sebelumnya, Demiral menjalani pinjaman yang sukses di Sassuolo.

Demiral mencuri perhatian Juventus setelah tampil gemilang di Sassuolo musim lalu. Demiral mampu membuat dua gol di Serie A 2019-2020.

Jatah Bermain

Menurut laporan RAI Sport, keberadaan De Ligt bisa mengurangi jatah bermain Merih Demiral. Padahal, bek 21 tahun itu baru setengah musim berkiprah di Serie A bersama Sassuolo.

Untuk itu, manajemen La Vecchia Signora berniat meminjamkan pemain belakang Timnas Turki tersebut ke AC Milan. Juventus berharap, Demiral bisa mendapat kesempatan bermain dan bisa belajar lebih banyak di San Siro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Serunya Makan Malam dalam Balutan Serba Putih

Posted: 17 Jul 2019 09:00 PM PDT

Seorang pria berbaring di rumput dengan latar belakang Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Seorang pria berbaring di rumput dengan latar belakang Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Dua wanita berpakaian serba putih bersuka ria dalam Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Dua wanita berpakaian serba putih bersuka ria dalam Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Ribuan orang berpakaian serba putih berkumpul dalam Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (Eric Vitale/Diner en Blanc International via AP)

Ribuan orang berpakaian serba putih berkumpul dalam Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (Eric Vitale/Diner en Blanc International via AP)

Peserta berpakaian serba putih berpose dalam Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Peserta berpakaian serba putih berpose dalam Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Seorang wanita dengan mengenakan sayap menghadiri Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Seorang wanita dengan mengenakan sayap menghadiri Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Ribuan orang berpakaian serba putih berkumpul dalam Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (Eric Vitale/Diner en Blanc International via AP)

Ribuan orang berpakaian serba putih berkumpul dalam Diner en blanc di Rockefeller Park, New York, Rabu (17/7/2019). New York City Diner en Blanc adalah sebuah pesta makan malam rahasia dengan pakaian bernuansa putih yang diadopsi dari budaya Prancis. (Eric Vitale/Diner en Blanc International via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: