Jumat, 12 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Momen Ahok dan Puput Nastiti Devi Jalani Ibadah Bersama di Gereja, Disambut Hangat

Posted: 12 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah resmi menikahi Puput Nastiti Devi pada bulan Februari lalu. Mantan Gubernur DKI itu mantap meminang Puput tak lama setelah dirinya bebas dari penjara.

Dalam beberapa kesempatan, keduanya tampak bepergian bersama. Salah satunya liburan ke Bali yang kemudian dilanjutkan ke Korea Selatan. Sejumlah foto Ahok liburan bareng istrinya itu pun banyak tersebar di media sosial.

Selain liburan, pasangan suami istri itu juga kedapatan menjalankan ibadah bersama. Belum lama ini, Ahok dan Puput terlihat datang ke sebuah gereja di Jakarta, tepatnya pada Minggu (7/7/2019). Momen tersebut pun disambut hangat oleh sesama jemaah gereja.

Pasalnya, momen tersebut adalah pertama kalinya Ahok dan Puput terlihat bersama di tempat ibadah. Sontak, banyak orang berebut untuk berfoto bersama sosok politisi itu. Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan 6 potretnya seperti yang telah dihimpun dari akun Instagram @lisaparantean, Sabtu (13/7/2019).

1. Ahok tampak sederhana mengenakan kemeja kotak-kotak. Sementara Puput tampil dengan syal oranye yang disematkan di lehernya.

Ahok BTP dan Puput Nastiti Devi (Sumber: Instagram/lisaparantean)

2. Pada momen tersebut, Ahok diberi waktu untuk berbicara di atas mimbar. Ahok menceritakan kisahnya selama berada di dalam tahanan.

Ahok BTP dan Puput Nastiti Devi (Sumber: Instagram/lisaparantean)

3. Sebagai istri panutan, Puput setia mendampingi Ahok hingga turut naik ke atas mimbar.

Ahok BTP dan Puput Nastiti Devi (Sumber: Instagram/lisaparantean)

4. Sosok Ahok yang tegas dan berdedikasi membuatnya dielu-elukan banyak orang, tak terkecuali saat beribadah di gereja.

Ahok BTP dan Puput Nastiti Devi (Sumber: Instagram/lisaparantean)

5. Ahok dan Puput pun tak segan untuk berfoto bersama para jemaah gereja yang merindukan sosoknya.

Ahok BTP dan Puput Nastiti Devi (Sumber: Instagram/lisaparantean)

6. Bahkan saat turun tangga pun, Ahok tetap dikerubungi warga yang tak sabar ingin melihatnya.

Ahok BTP dan Puput Nastiti Devi (Sumber: Instagram/lisaparantean)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rhoma Irama Meriahkan Panggung D'Star Indosiar Bersama Giring dan Mama Uthe

Posted: 12 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penampilan bintang tamu termasuk para juri juga menjadi magnet di D'Star Indosiar. Misalnya episode Kamis (11/7/2019) malam. Konser berlangsung meriah yang dibuka dengan penampilan Sang Raja Dangdut Rhoma Irama & Soneta Group menyanyikan lagu "Suara Gendang" dan juga "Seni" membuat seisi studio Emtek City, Jakarta Barat bergoyang bersama.

Begitu juga dengan Giring Ganesha, salah satu juri non dangdut yang merasa bangga bisa berduet bersama Rhoma Irama di Konser D'Star Indosiar Top 30 Round 2 Group 8. Mereka bawakan lagu "Darah Muda". Tak mau ketinggalan juri Ruth Sahanaya atau Mama Uthe juga bergabung bersama Rhoma Irama dan Giring membawakan lagu "Begadang".

Pertarungan antar bintang Indosiar yaitu D'Star telah menampilkan 24 bintang yang berusaha memberikan penampilan terbaik demi untuk mendapatkan tempat tertinggi di klasemen dan terhindar dari degradasi. Seperti Putri, Arlan dan Randa yang tampil di Konser D'Star Top 30 Round 2 Group 8, Kamis malam.

Bagaimana kemeriaha berlangsung sampai akhir acara konser D'Star Indosiar selengkapnya? 

 

D'Star tayangan kompetisi terbaru di Indosiar

Standing Ovation

D'Star tayangan kompetisi terbaru di Indosiar

Kemeriahan terus berlanjut saat Putri tampil membawakan mash up dari lagu milik Ariana Grande "Thank You Next" dan "Pudar" dari Rossa dengan mengenakan gaun pink imut ala korean style. "Konsep korean style nya sangat kuat dan dapet banget!" puji Caren Delano. Berani keluar dari zona nyamannya dengan menyanyikan lagu pop, Putri juga sukses menuai pujian dari Dewi Perssik yang merasa terhibur dengan penampilan berbeda yang disajikan Putri kali ini.

Senada dengan Putri, penampilan Arlan juga mampu memukau seluruh Juri yang hadir untuk memberikan standing ovation saat menyanyikan lagu India "Chand Sifarish". Zaskia Gotik menilai Arlan berhasil membawakan lagu tersebut karena keseluruhan penampilannya sangat mencerminkan Bollywood. "Konsepnya bagus! Suaranya, cengkoknya, gayanya dan mukanya India banget!" tutur Zaskia.

D'Star tayangan kompetisi terbaru di Indosiar

Tangga Nada

D'Star tayangan kompetisi terbaru di Indosiar

Sementara itu, Randa yang sebelumnya berhasil mendapatkan pujian di Round 1 kali ini kurang mendapatkan respon positif dari Juri di Round 2. Terlepas dari energinya yang kharismatik, Giring menilai Randa saat menyanyikan lagu "Hanya Rindu" masih banyak yang pitchy dan menurutnya lebih baik jika aransemennya diusahakan agar tangga nadanya lebih baik lagi.

Perolehan nilai tertinggi di Round 2 Group 8 dipegang oleh Putri yaitu 38.63 diikuti Randa (35.36) dan (26.01).  D'Star Top 30 Round 2 berlanjut ke Group 9 Jumat (12/7/2019) mulai pukul 20.30 WIB dengan menampilkan Aulia, Ridwan dan Tika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengingat Bedanya Riau dan Kepulauan Riau

Posted: 12 Jul 2019 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali ramai dibicarakan karena OTT KPK kepada gubernur Kepri. Di samping itu perlu diketahui Kepri dan Riau provinsi yang berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggalkan Fx Sudirman, Jokowi Jadi Sasaran Salaman dan Selfie

Posted: 12 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi meninggalkan Restoran Sate Senayan di Fx Sudirman usai pertemuan dengan capres Prabowo Subianto. Keduanya sempat makan siang bersama setelah naik MRT dari Stasiun Lebak Bulus ke Senayan.

Warga yang sedari tadi menunggu di luar restoran langsung memanggil manggil namanya.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak masyarakat di mal FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (13/7/2019

Pengunjung yang memadati mal langsung mengerumuni Jokowi untuk bersalaman dan berfoto. Jokowi pun meladeni permintaan warga tersebut hingga keluar dari mal dengan dikawal paspampres.

Jokowi ditemani Seskab Pramono Anung, Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ru Amin, Erick Thohir, hingga Kepala BIN Budi Gunawan.

 

Pertemuan

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019) pagi ini. Keduanya kemudian naik kereta MRT dan turun di Stasiun Senayan.

Keduanya kemudian menggelar jumpa pers bersamaan di Stasiun MRT Senayan berdampingan. Jokowi mengatakan, pertemuan dengan Prabowo Subianto merupakan pertemuan seorang sahabat.

"Ini adalah pertemuan seorang sahabat, pertemuan seorang kawan, pertemuan seorang saudara yang sebetulnya ini sudah kita rencanakana lama," kata Jokowi yang mengenakan kemeja putih.

Dia mengatakan, padatnya kegiatan Prabowo dan dirinya membuat pertemuan baru bisa terlaksana sekarang.

"Alhamdulillah kita bertemu dan coba MRT, karena saya tahu Pak Prabowo belum pernah coba MRT," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tips Mengeringkan Rambut dengan Cepat Tanpa Hairdryer

Posted: 12 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengeringkan rambut merupakan salah satu kegiatan yang memakan waktu cukup lama. Apalagi buat yang memiliki rambut panjang serta lebat. Rambut yang panjang dan tebal tentunya membuat proses mengeringkannya butuh waktu yang tak sebentar.

Akibatnya, banyak wanita yang memilih mengeringkan rambutnya dengan hairdryer. Padahal seperti yang telah diketahui, hairdryer mengeluarkan angin panas yang bisa menyebabkan rambut menjadi bercabang dan kering.

Tips mengeringkan rambut dengan cepat tanpa hairdryer dapat menjaga kesehatan rambut. dengan menerapkan tips berikut, kamu bisa menjaga kesehatan rambutmu dan sekaligus bisa lebih cepat mengeringkan rambut setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Fimela, Sabtu (13/7/2019) beberapa tips mengeringkan rambut dengan cepat tanpa hairdryer.

Gunakan Handuk Microfiber

Ilustrasi Perawatan Rambut/copyright shutterstock

Tips mengeringkan rambut dengan cepat yang pertama adalah menggunakan handuk microfiber. Handuk microfiber dapat menyerap dan membantu meminimalkan kerusakan rambut saat menggunakan handuk berbahan katun. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan bagian handuk yang masih kering supaya air yang dihilangkan juga lebih maksimal. Namun, handuk microfiber ini kurang cocok bagi kamu yang memiliki rambut keriting, karena dapat mengakibatkan rambut menjadi kusut. Jadi pemilihan handuk juga penting untuk mengeringkan rambut dengan cepat.

Peras atau Goyang Rambut Dengan Lembut

Peras atau Goyang Rambut | unsplash.com

Biasanya bila rambut terlalu basah maka handuk pun akan susah untuk mengeringkannya. Walaupun bisa menyerap air, handuk tidak bisa menghilangkan semuanya sekaligus. Oleh karena itu, kamu harus melanjutkannya dengan menggoyangkan rambut dengan jari dengan cara membalikkan rambut dan menundukkan kepala. Selain itu, kamu juga bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu memerasnya dengan lembut. Diikuti dengan bantuan handuk, rambut kamu akan lebih cepat kering dari biasanya.

Gunakan Kondisioner

Gunakan Kondisioner (mnn.com)

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut dengan sampo. Hal ini bisa terjadi karena fungsi kondisioner tidak hanya melembapkan dan menghidrasi, namun juga dapat mengurangi air pada rambut. Dengan penggunaan kondisioner, rambut dapat terhindar dari peneyrapan air yang lebih banyak dari yang dibutuhkan. Jadi tidak perlu malas menggunakan kondisioner, karena bisa membantumu siap lebih cepat dalam mengeringkan rambut.

Fokus Pada Akar

Fokus Pada Akar/ copyright shutterstock

Dalam mengeringkan rambut, biasanya kebanyakan orang hanya memperhatikan ujung rambut saja. Padahal ujung rambut merupakan bagian rambut yang cukup cepat mengering dibandingkan dengan akar rambut. Maka dari itu, supaya rambut lebih cepat kering, cobalah fokus dalam mengeringkan akar rambut terlebih dahulu, karena akar rambut merupakan bagian yang paling lama mengering karena terletak jauh di dalam. Dengan mengeringkan akar rambut terlebih dahulu, maka waktumu dalam mengeringkan rambut akan semakin cepat.

Membiarkan Rambut Kering Sendiri

Membiarkan Rambut Kering Sendiri (Foto: unsplash.com)

Hal ini tampak tidak seperti tips sebelumnya, karena hanya membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Namun membairkan rambut kering sendiri merupakan pilihan yang juga sangat bagus. Hal ini disebabkan karena udara hangat dan angin di luar dapat mengeringkan rambut kamu secara alami. Apalagi, daripada menggunakan hairdryer yang dapat membuat rambut mengalami kerusakan, membiarkan rambut kering dengan sendirinya lebih aman dan tidak memberikan dampak buruk pada rambut. Namun tetap saja sebelum itu kamu seharusnya sudah melakukan berbagai tips sebelumnya agar rambut tidak terlalu basah saat dibawa keluar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ban Motor Diganti Lakban, Bagaimana Hasilnya?

Posted: 12 Jul 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beragam percobaan dilakukan untuk mencari pengganti ban berbahan karet. Mulai dari per, karet gelang, botol soda, dan barang-barang yang tak terbayangkan sebelumnya.

Kini ada yang baru. Sekumpulan pemuda mengganti ban motor mereka dengan lakban bening. Dalam video yang beredar di media sosial itu terlihat mereka menghabiskan banyak lakban. Mungkin jumlahnya sekitar 20 gulung lakban, bahkan lebih.

Hasilnya, terlihat tak setebal ban pada umumnya. Lalu, apakah bisa dipakai jalan? Mereka juga menjajal ban lakban itu yang terpasang pada motor sport.

Mereka menjajal ban tersebut di jalan tak beraspal. Jalan tanah yang tak terlalu berbatu tapi ada beberapa genangan air.

 

Kondisi Ban

Ban motor diganti lakban (Facebook/Peristiwa Dunia)

Pada saat direkam itu ban terlihat bisa dipakai melintasi jalan dengan kondisi tersebut. Bahkan mereka berboncengan. Sudah bisa ditebak hasil akhirnya, lakban yang ditempel pada pelek motor itu mulai mengelupas. Tapi tak semuanya.

Eksperimen yang dilakukan para pemuda ini malah menuai komentar tak menyenangkan dari para netizen.

"Beli isolasi 1 biji 10 rb blm tentu bisa habis 10 isolasi tuh paling 30 biji di habisin boros mending beli ban sekalian," kata Obeth Lapin Somolinggi.

"Lakban segitu banyak udah dapet ban baru..... Bodo amat.... Kreatif tanpa dipikir....," tambah Prana Dewa.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-siap, Pameran Seni Rupa Kontemporer ARTJOG 2019 Sebentar Lagi Dimulai

Posted: 12 Jul 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Perhelatan pameran seni rupa kontemporer ARTJOG 2019 bakal segera digelar. Perhelatan tersebut direncanakan akan menyapa pencinta seni pada 25 Juli-25 Agustus 2019. Lokasinya masih di Jogja National Museum (JNM) DI Yogyakarta.

Staf Khusus Menpar bidang Media dan Komunikasi Don Kardono mengatakan, ARTJOG 2019 akan memperlihatkan berbagai karya seniman dalam dan luar negeri.

"Karya-karya seni yang luar biasa akan ditampilkan. Baik dari dalam maupun luar negeri. Begitu juga berbagai program lainnya yang bakal membuat ARTJOG makin meriah," papar Don Kardono.

Direktur ARTJOG, Heri Pemad mengatakan sepanjang perjalanannya, ARTJOG selalu berupaya menciptakan ruang pertemuan seluas-luasnya bagi publik. Terutama melalui aktivitas kesenian. Tahun ini pun demikian. Mengusung tema Arts in Common, ARTJOG 2019 lebih menegaskan citra dari kegiatan tersebut.

"Tahun ini, kami ingin menegaskan ARTJOG tidak lagi bicara soal art fair. Karena selama ini ARTJOG selalu dikemas meriah dan cenderung festiv. Sehingga ARTJOG itu lebih pas bila disebut sebagai suatu festival," ujar Heri Pemad dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (11/7).

Untuk memperkuat visi jangka panjangnya sebagai perhelatan reguler, ARTJOG telah memproyeksikan sebuah tema besar. Sebuah tema yang memayungi penyelenggaraan edisi-edisi selanjutnya. Sepanjang 2019-2021, ARTJOG akan dibingkai oleh tema besar Arts in Common, yang diturunkan ke dalam tiga sub-tema kuratorial dalam tiga edisi festival setiap tahunnya.

"Pameran ARTJOG MMXIX mengusung tajuk kuratorial common|space, melalui karya-karya yang mempersoalkan 'ruang bersama' di mana kita hidup hari-hari ini. Diikuti hampir 40 seniman individu maupun kelompok dari Indonesia dan mancanegara seperti Austria, Australia, Filipina dan Singapura," jelasnya.

Sementara itu, Kurator ARTJOG 2019, Agung Hujatnika menambahkan selama ini art fair cenderung menitik beratkan pada aspek pasar dan komersial. Dalam suatu art fair yang ditampilkan lebih banyak galeri seni. Dirinya menyadar sedari awal, ARTJOG memiliki karakter festival yang lebih kuat dan tidak ada keterlibatan galeri secara formal.

"Ini sebuah perhelatan, jadi sudah waktunya menegaskan ARTJOG sebagai festival bukan art fair," jelas Agung.

Lebih lanjut Agung menerangkan, ARTJOG 2019 akan diikuti oleh 40 seniman dalam dan luar negeri. Karya yang ditampilakn pun tak sembarangan. Semuanya melalui kurasi yang ketat. Dari mulai open call applications, hingga undangan khusus.

"ARTJOG 2019 tetap mempertahankan beberapa program edukasi pamerannya, seperti Meet the Artist dan Curatorial Tour. Sementara LeksiKon merupakan program baru yang menyajikan wicara-seniman (artist talk) secara performatif," ujar Agung.

Dengan eksistensi dan keberagamaannya tak pelak, ARTJOG pun kembali masuk dalam 100 Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Menurut Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono, ARTJOG sudah menjadi layaknya city branding bagi Yogyakarta. Keberadaannya selalu dinanti pencinta seni Indonesia bahkan dunia.

"ARTJOG semakin mempertegas citra Jogja sebagai kota seni. Kota atraktif dengan seniman-seniman yang kreatif. Inilah mengapa ARTJOG selalu masuk dalam 100 CoE Kemenpar," papar Don yang juga Ketua Tim Kurator CoE Kempar itu.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calender of Event (CoE) Esthy Reko Astuty ikut memuji konsistensi ARTJOG sebagai salah satu atraksi wisata andalan.

"Terbukti ArtJog telah menjadi pelaksanaan yang ke 12 kalinya dan rutin setiap tahun digelar. Selain itu selalu mampu menyedot wisatawan serta pencinta seni untuk datang menikmatinya. Ini sebuah konsistensi yang luar biasa," kata Esthy.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Adella Raung pun mengamini hal tersebut. Dirinya mengakui jika reputasi ARTJOG telah mendunia. Apalagi ARTJOG selalu tampil berbeda disetiap pelaksanaannya. Selalu ada seni rupa kontemporer terbaru yang disajikan. Hal ini menjadikannya sebuah pagelaran akbar maha karya seni rupa.

"Sejak pertama kali diadakan, kemudian sebagai Jogja Art Fair (JAF) pada tahun 2008 sebagai bagian dari Festival Seni Yogyakarta, acara ini telah mendapatkan reputasi yang kuat di antara kolektor seni dan dealer tidak hanya di tingkat domestik, tetapi juga secara global. Acara ini telah mendatangkan ribuan pecinta seni ke Jogyakarta," ujar Adella yang didampingin Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Wawan Gunawan.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya ArtJog bukanlah hanya sebuah pagelaran seni semata. Kehadirannya bagai sebuah pekan raya bagi para pencinta seni. ArtJog pun semakin memantapkan Jogja sebagai kota seni Indonesia.

"Setiap kali digelar ArtJog selalu ramai disesaki para pencinta seni, baik dari dalam maupun luar negeri. Selalu terjadi antrean panjang pengunjung yang ingin memasuki ruang pameran. Semua ingin menikmati ratusan karya seni, termasuk lukisan, gambar, patung, instalasi, foto, video, puisi, pertunjukan teater dan diskusi publik. Inilah keistimewaan ArtJog. Pokoknya jangan mengaku pencinta seni kalau tidak menghadiri ArtJog," papar Menteri asal Banyuwangi itu.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Kapal Mata-Mata China Dekat Queensland, Ini Respons Australia

Posted: 12 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Queensland - Ada kapal mata-mata China yang dilaporkan tiba di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di dekat Queensland, Jumat 12 Juli 2019. Lalu bagaimana respons Australia?

Menteri Luar Negeri Australia Senator Marise Payne menegaskan pihaknya tidak mengkhawatirkan hal tersebut. Menurutnya, kapal tersebut merupakan bagian dari Armada Laut Timur Tentara Pembebasan Rakyat China yang berpangkalan di Propinsi Zhejiang, dan dibuat akhir tahun 2010.

Di atas kapal bertipe Dongdiao AGI 853 ini terdapat sejumlah wahana berbentuk bola, yang menutupi piringan antena penangkap dan pengganggu sinyal radio.

Kalangan pakar pertahanan menjelaskan antena yang sangat kuat tersebut mampu menyerap data intelijen berharga dalam jumlah besar ke mana pun kapal berlayar.

Sekitar 25.000 personel militer khususnya dari Amerika Serikat dan Australia akan terlibat latihan perang tahun ini, yang difokuskan pada pertempuran "high-end" tingkat menengah.

Sumber-sumber ABC menyebutkan China tertarik untuk mengetahui bagaimana Satuan Bela Diri Maritimnya beroperasi dengan ADF dan Amerika Serikat.

"Talisman Saber tahun ini melibatkan Brigade Gerak Cepat Amfibi Jepang yang dibentuk tahun lalu sebagai opsi tanggapan atas potensi serbuan China di Kepulauan Senkaku," kata seorang pejabat militer kepada ABC.

"Kemampuan dan interoperabilitas mereka dengan Australia dan Amerika Serikat akan menarik bagi Beijing," jelas sumber yang tak mau disebutkan namanya.

Belum Ada Penjelasan

Bendera Australia (iStockphoto via Google Images)

Sementara itu Panglima Operasi Gabungan ADF Letjen Greg Bilton tidak bersedia menjelaskan bagaimana ADF akan menanggapi kehadiran kapal mata-mata China.

"Saya tidak akan membahas rincian operasional, tapi yang pasti kami akan mengambil tindakan yang tepat sehubungan dengan kapal itu," tegasnya.

"Itu kapal yang mengumpulkan informasi, jadi itu bukan ancaman besar tapi kami akan mengambil tindakan yang tepat," tambah Letjen Bilton.

Baru bulan lalu tiga kapal perang China secara mengejutkan memasuki Sydney Harbour untuk kunjungan yang tak diumumkan sebelumnya.

Pada bulan Mei, ABC melaporkan bahwa kapal Angkatan Laut Australia telah dibuntuti oleh militer Tiongkok selama transit di Laut China Selatan.

Pilot-pilot pesawat AL Australia juga menjadi sasaran serangan laser di perairan yang disengketakan, diyakini dilakukan dari kapal-kapal milisi China di sana.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan 4 Almond Setiap Hari, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Posted: 12 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Almond merupakan salah satu makanan yang penuh protein, vitamin, dan serat. Mengonsumsinya secara rutin dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan seperti kanker, serangan jantung, obesitas, dan diabetes.

Almond memang memiliki kandungan kalori, jadi kamu tetap perlu memakannya dengan jumlah yang tepat.

Melansir dari Hhdresearch, Senin (15/7/2019), cobalah makan empat almond per hari secara rutin. Dalam satu ons almond, kamu akan mendapat 3,5 gram serat, 6 gram protein, dan 9 gram lemak tak jenuh tunggal. Almond pun masih memiliki kandungan lainnya seperti vitamin E, magnesium, dan kalsium.

Kamu boleh memakan lebih dari empat almond, tapi jangan berlebihan. Agar kalori tetap terjaga, batas memakan almond yang tepat adalah satu ons per hari atau 23 kacang almond. Kamu juga bisa mengonsumsi olahan almond seperti tepung dan susu.

Manfaat Almond

Copyright Shutterstock/Amarita

Berikut deretan manfaat untuk tubuhmu jika mengonsumsi empat almond setiap hari.

1. Kolesterol baik

Almond dapat mengurangi kolesterol buruk dan meningkatkan kolestrol baik. Hal ini penting untuk menghindari risiko kesehatan seperti serangan jantung dan stroke.

Memakan almond saat memakan makanan tidak sehat seperti keripik atau permen pun dapat mengurangi kolesterol buruk hingga 10%.

2. Rambut yang lebih kuat dan berkilau

Kandungan magnesium dan zinc dalam almond dapat memicu pertumbuhan rambut. Vitamin E dalam almond pun dapat membuat rambut lebih kuat, dan vitamin B membuat rambut lebih berkilau natural.

Selain dikonsumsi, minyak almond pun sudah biasa digunakan untuk mencegah ketombe dan menghaluskan rambut.

Manfaat lainnya

Kacang almond kaya akan Omega-3 yang bisa melawan efek penuaan.

3. Mengurangi risiko serangan jantung

Kandungan almond seperti serat, vitamin E, dan asam lemak omega 3 dapat bermanfaat bagi kesehatan hati. Untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan jantung yang maksimal, usahakan untuk memakan cangkang almondnya juga.

4. Mengurangi keriput

Penuaan dini dapat dicegah salah satunya dengan mangan dan vitamin E dalam almond. Mangan adalah salah satu protein yang dapat memproduksi kolagen.

Kolagen dapat membuat kulit tetap kencang dan lembut. Vitamin E bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi UV dari sinar matahari yang menyebabkan dark spots dan keriput.

Baik untuk pencernaan

(Istimewa)

5. Pencernaan yang lebih baik

Cangkang almond merupakan sumber prebiotik yang bagus. Ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus kita. Bakteri baik bertanggung jawab dalam metabolisme nutrisi dari makanan dan obat-obatan.

Penelitian terbaru pun menunjukkan bahwa mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung.

6. Mempermudah menurunkan berat badan

Meski almond mengandung banyak lemak dan kalori, almond dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena almond akan membuat kamu lebih merasa kenyang sehingga membatnmu menghindari makanan tidak sehat.

Baik untuk otak

Foto: Huffington Post

7. Meningkatkan aktivitas otak

Asupan vitamin E yang banyak dapat membantu mencegah penurunan kognitif. Magnesium dalam almond pun dapat memperkuat saraf di otak. Protein pun membantu memperbaiki sel-sel otak sehingga meningkatkan fungsi kognitif.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wedang Jakencruk, Minuman Anti-Radang Saat Musim Kemarau Panjang

Posted: 12 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Kota Yogyakarta dalam satu bulan terakhir terasa lebih dingin dari biasanya. Memang pada saat awal kemarau yang biasa disebut musim bediding seperti sekarang ini, suhu di kota pelajar pada malam dan pagi hari bisa mencapai 18 derajat Celcius.

Pada kemarau kali ini, warga kota Yogyakarta bahkan mengalami suhu yang lebih dingin dari musim kemarau sebelumnya akibat bertiupnya monsoon dingin dari Australia.

Dingin dan kurangnya kelembapan udara seringkali mengakibatkan penyakit, terutama gangguan tenggorokan ataupun demam. Namun ternyata, masyarakat kota Yogyakarta memiliki minuman tradisional yang berfungsi menangkal sakit terutama gangguan tenggorokan sekaligus memberi kenikmatan, yang dikenal dengan sebutan Wedang Jakencruk, singkatan dari jahe, kencur, dan jeruk.

Sayangnya, minuman ini kalah popular dengan Wedang Uwuh yang telah menjadi ikon minuman tradisional di Yogyakarta. Saat ini, tak lagi banyak angkringan di Yogyakarta yang menyajikan Wedang Jakencruk sebagai salah satu menunya. Kebanyakan angkringan saat ini hanya menyediakan wedang jahe.

Salah satu warung angkringan yang masih menyajikan Wedang Jakencruk adalah angkringan Pak Joko Lelur yang ada di wilayah Ngadinegaran. Nuryanto, sang pemilik angkringan, mengakui tetap menyajikan menu ini karena banyaknya permintaan dari pelanggannya, terutama saat musim kemarau yang dingin dan kering seperti sekarang.

Awalnya, seperti kebanyakan angkringan lain, Nuryanto hanya memiliki minuman penghangat wedang jahe dalam daftar menu, tetapi salah seorang pelanggan yang memiliki keahlian dalam pangan dan kesehatan suatu ketika merasa tak enak badan dan meminta Nuryanto menyeduhkan jakencruk.

Nuryanto sendiri sebetulnya telah mengetahui resep jakencruk dari orangtuanya, sehingga tanpa kesulitan bisa memenuhi permintaan pelanggan tadi. Pelanggan lain akhirnya juga ikut mencoba meminum dan akhirnya Wedang Jakencruk menjadi salah satu minuman favorit di angkringannya.

"Padahal sebetulnya cukup gampang membuat sendiri Wedang Jakencruk ini, namun tak banyak lagi warga Jogja yang tahu resepnya," ungkap Nuryanto.

Dengan bahan dasar jahe, kencur, dan jeruk ditambah gula batu atau gula biasa, memang minuman ini sangat mudah dibuat. Nuryanto pun tak segan membagikan resep wedang yang bermanfaat ini.

Bahan yang dibutuhkan adalah sekitar 10 gram (satu rimpang) jahe dimemarkan, sekitar 10 gram (satu rimpang) kencur dimemarkan, 1 buah jeruk nipis, 15 gram gula batu atau gula biasa serta 300 ml air.

Setelah jahe dan kencur dimemarkan, jeruk nipis dipotong tipis-tipis, lalu jahe, kencur dan potongan jeruk direbus hingga mendidih. Bila tak menyukai ampas, maka gula juga ikut direbus dan disajikan setelah disaring. Namun, umumnya masyarakat lebih menyukai disajikan dalam bentuk orisinal dan gula ditambahkan saat disajikan.

Fungsi minuman yang bisa memberi kehangatan sekaligus obat tenggorokan ini didapatkan dari gabungan jahe yang mengandung senyawa antibakteri dan memberi kehangatan, kencur yang senyawanya bisa menjaga kekebalan tubuh, serta jeruk nipis yang menyegarkan sekaligus menghambat radikal bebas.

Nuryanto sendiri tak mematok harga mahal untuk minuman spesial ini, satu gelas jakencruk dihargai hanya Rp3.500. "Sebetulnya untung yang didapat sangat tipis, apalagi sekarang jahe mahal dan cukup susah didapat, namun kami juga tak tega mau menaikkan harga," tutur Nuryanto.

 

Kurang Popularitas

Retnosari Septiyani, produsen wedang tradisional dalam kemasan. (Liputan6.com/Wisnu Wardhana)

Senada dengan Nuryanto, Retnosari Septiyani, produsen wedang tradisional dalam kemasan, juga mengeluhkan tingginya harga jahe serta sedikitnya pasokan yang ada di pasar. "Harga jahe sekarang mencapai Rp28.000 per kilogramnya, itu pun tak banyak di pasar karena sebagian besar petani telah mengikat kontrak dengan pabrik jamu besar," keluh wanita yang biasa dipanggil Sari ini.

Perusahaan Sari memang memproduksi minuman-minuman tradisional Jawa yang dikemas tanpa menggunakan bahan pengawet dan berbagai varian bentuk, dari original, bubuk, celup hingga sirup. Salah satu varian wedang yang diproduksinya adalah jakencruk, tetapi diakuinya saat ini pesanan terbanyak adalah wedang uwuh.

"Mungkin jakencruk belum populer dan tersosialisasi," ucap peraih Adhikarya Pangan Nusantara tahun 2016 ini.

"Padahal, ada puluhan mungkin ratusan wedang tradisional yang cukup bermanfaat bagi kesehatan kita, namun kini memang wedang tradisional ini lebih dicari karena eksotismenya saja, bukan karena manfaatnya. Kami sendiri baru memproduksi 10 varian jenis wedang dengan masing-masing 4 varian bentuk," dia menambahkan.

Pendapat tersebut diamini oleh Nuryanto yang mengatakan bahwa rata-rata pembeli jakencruk merupakan pembeli lokal saja. "Untuk wisatawan hampir tak ada yang yang memesan jakencruk," ungkap Nuryanto.

Damar, salah seorang pelanggan Nuryanto juga berpendapat bahwa jakencruk tak diketahui orang banyak mungkin karena sederhana meski sangat berguna bagi kesehatan. "Saya sendiri sering memesan jakencruk terutama saat hawa dingin seperti ini, atau saat tenggorokan saya terasa tak nyaman," ucap mahasiswa tingkat akhir jurusan psikologi ini.

Mau mencoba dan merasakan manfaat jakencruk? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau segera ambil ransel dan berlibur menikmati eksotisme Yogyakarta dengan jakencruk salah satu menu wisata kulinernya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 2019: PSM Makassar vs Bhayangkara FC di Indosiar

Posted: 12 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Indosiar akan menyiarkan pertandingan duel PSM Makassar vs Bhayangkara FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Sabtu (13/7/2019) dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019.

Tiga poin bukan sekadar menambah catatan kemenangan di Makassar musim ini, tapi juga menjaga atmosfer positif usai memastikan tiket final Piala Indonesia 2018.

Pada Shopee Liga 1 2019, PSM sudah mencetak dua kemenangan di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin. Masing-masing mengalahkan Semen Padang 1-0 (20/5/2019) dan Badak Lampung FC 4-0 (24/5/2019).

Sementara itu, Bhayangkara FC akan menjadi ancaman bagi PSM. Mereka tak terkalahkan pada lima partai terakhir di Shopee Liga 1 2019. Skuat asuhan pelatih Angel Alfredo Vera mencatat tiga kemenangan dan dua imbang. Bhayangkara FC ingin menjaga performa tersebut.

Live Streaming Shopee Liga 1 2019: PSM Makassar vs Bhayangkara FC di Indosiar dapat Anda saksikan mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Shopee Liga 1 2019: PSM Makassar vs Bhayangkara FC di Indosiar pada halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Shopee Liga 1 2019: PSM Makassar vs Bhayangkara FC di Indosiar silakan klik di sini...

 

Prediksi Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Hilmansyah (kiper); Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi (belakang); Rizky Pellu, Marc Klok, Rasyid Bakri (tengah); Wiljan Pluim, Guy Junior, Zulham Zamrun (depan).

Pelatih: Darije Kalezic

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho Rahardjo (kiper); Anderson Salles, Jajang Mulyana, Fatchu Rochman, Nurhidayat Haji Haris (belakang); Sani Rizki Fauzi, Lee Yoo-joon, Flavio Beck Junior (tengah); Dendi Sulistyawan, Muhammad Nur Iskandar, Ramiro Fergonzi (depan).

Pelatih: Angel Alfredo Vera

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Karang Taruna Hibur Anak-anak Korban Kebakaran di Surabaya

Posted: 12 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Karang Taruna memberikan pelatihan cara membuat buket bunga berbahan dasar sabun mandi kepada para anak-anak korban kebakaran belasan rumah di Jalan Margorukun Gang Lebar, Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jatim pada Rabu 10 Juli 2019.

"Tadi malam (12/7) di lokasi pengungsian, pengurus Karang Taruna Surabaya memberikan pelatihan membuat bunga dari sabun. Tujuannya selain memberikan ketrampilan juga menghibur anak-anak korban kebakaran," kata Ketua Karang Taruna Surabaya Fuad Bernardi di Surabaya, Sabtu (13/7/2019), dilansir Antara.

Selain itu, lanjut dia, Karang Taruna Surabaya juga menyerahkan bantuan dan memberikan motivasi kepada anak-anak korban kebakaran. Adapun bantuan tersebut berupa tas, sandal, seragam, peralatan mandi, dan kaos kaki.

Menurut dia, aksi sosial yang dilakukan belasan pengurus Karang Taruna ini merupakan bentuk dari kepedulian kepada warga korban bencana kebakaran yang membutuhkan pertolongan, sekaligus implementasi dari makna gotong royong.

Putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ini merasa lega dan turut gembira karena kedatangannya bersama jajaran pengurus Karang Taruna bisa membuat suasana ceria kepada anak-anak korban kebakaran.

"Alhamudlillah pada saat kami datang ke lokasi tidak sempat mendengar keluhan lagi dari warga korban kebakaran, karena kita tahu semua jika perhatian Pemkot Surabaya kepada mereka sudah sangat maksimal," katanya.

Pendampingan Anak Korban Kebakaran

Ilustrasi Kebakaran (iStockphoto)​

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya, Chandra Oratmangun sebelumnya mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim psikolog dan konselor untuk melakukan pendampingan kepada anak korban kebakaran.

Menurut dia, pendampingan kepada anak-anak itu yang paling penting terlebih dahulu adalah bagaimana mengembalikan keceriaan mereka seperti layaknya anak-anak pada umumnya.

Salah satu caranya dengan mengajak ngobrol dan mengajak bermain supaya jiwa anak-anaknya bisa kembali ceria dan gembira.

"Jadi, tim ini melakukan pendampingan penguatan kepada anak-anak, sehingga mereka kembali ceria," katanya.

Candra juga menjelaskan bahwa berdasarkan informasi yang diterima, ada sekitar 15-16 anak yang terkena dampak kebakaran itu.

Namun, lanjut dia, pada saat bermain, ada anak-anak penjual buku di Kampung Ilmu yang ikut bermain, sehingga mereka membaur dan bermain bersama-sama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Femmy Permatasari Mengaku Ditodong Pisau oleh Pria Bule, Ada Apa?

Posted: 12 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perlakuan tidak mengenakkan dialami Femmy Permatasari saat dirinya sedang makan malam bersama keluarganya, di sebuah restoran di bilangan Jakarta Utara, Minggu (7/7/2019). Saat itu , Femmy Permatasari mengaku ditodong dengan sebilah pisau oleh pria tak dikenal yang merupakan warga negara asing (WNA).

Diakui Femmy Permatasari, ia sempat shock dan kaget dengan kejadian tersebut. Terlebih ini baru pertama ia alami selama hidupnya.

"Jadi pas makan malam ada bule WNA gitu nodong pisau ke kita. Aku kaget dan takut banget-lah ditodong pisau gitu," kata Femmy Permatasari ditemui kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

 

Pelaku

Femmy Permatasari resmi menikah dengan Alfons Martinus di Selandia Baru. (dok.Instagram @femmypermatasari/https://www.instagram.com/p/Bu-Ye1BHcRs/Henry

Saat ditodong dengan pisau, pria bule tersebut menyebutkan nama seorang wanita bernama Lidya. Karena kejadian itu seisi restoran menjadi tegang. Ternyata setelah diusut, Lidya yang disebutkan WNA tersebut adalah mantan istri suaminya, Alfonso Martinus.

"WNA itu teriak-teriak nama Lidya. Kami kaget banget-lah. Karena Lidya ini mantan istri suami saya. Pas dicari tahu, ternyata WNA ini adalah suami dari mantan istri suami saya (Alfons)," ungkapnya.

Kena Hantam

Femmy Permatasari resmi menikah dengan Alfons Martinus. (dok.Instagram @femmypermatasari/https://www.instagram.com/p/BvA3wf5HnZY/Henry

Sampai saat ini dirinya tidak tahu motif pria asing tersebut menodongkan pisau kepada dirinya. Sang suami juga kabarnya kena bogem mentah pria asing tersebut, saat hendak diamankan pihak keamanan restoran.

"Akhirnya itu WNA kami tarik keluar. Kemudian saya teriak panggil security untuk amankan WNA ini. Tapi sebelum diamankan, WNA ini pukul suami saya," katanya.

Hingga berita ini diunggah, Liputan6.com belum mendapat konfirmasi dari pria bule yang diduga menyerang suami Femmy Permatasari tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyeri Berulang Tak Cukup Diobati dengan Minyak Gosok, Perlu Operasi

Posted: 12 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nyeri secara garis besar memiliki dua tipe, yaitu akut dan kronik. Pada kondisi tertentu, mengobati nyeri tidak cukup dengan obat gosok yang lazim dilakukan banyak orang Indonesia tetapi harus melalui jalan operasi.

Dokter spesialis anestesiologi dan reanimasi RS EMC Sentul Ketut Ngurah Gunapriya, menjelaskan bahwa nyeri akut sebenarnya baik karena itu adalah alarm bagi tubuh kita.

"Yang ingin memberitahu bahwa ada bagian dari tubuh kita yang mengalami kerusakan atau potensial rusak atau dia seperti rusak yang diekspresikan sebagai ekspresi sensorik dan emosional dengan sesuatu yang tidak nyaman," kata dokter yang akrab disapa dokter Ngurah kepada Health Liputan6.com di sela-sela Round Table Discussion EMC Hospital Group di Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Pusat pada Kamis, 11 Juli 2019 sore.

 

 

Pengobatan Nyeri

Nyeri Sendi / Sumber: iStockphoto

 Untuk pengobatan nyeri, kata Ngurah, perawatan paling pertama yang diberikan ke pasien adalah tanpa obat. "Kalau sudah sembuh, sudah cukuplah," katanya.

Kecuali, bila tak jua sembuh barulah diberikan obat. Setelah minum obat ternyata nyeri masih juga kita rasakan, dokter akan kembali memberikan obat tapi yang kali ini memiliki unsur morfin di dalamnya.

"Unsur morfin itu untuk mengurangi nyeri," kata Ngurah.

"Kalau tidak mampu lagi baru dilakukan operasi," Ngurah menekankan.

Lebih lanjut, di antara pengobatan itu sampai akhirnya dilakukan tindakan operasi, ada semacam terapi yang merupakan bagian dari pain management seperti yang ada di Pain Management Center RS EMC Sentul.

"Sekarang berkembang sangat pesat di Indonesia karena terapi ini bisa langsung dari problem-nya," katanya.

"Jadi, misalnya kita kita ada problem tulang belakang, kita lakukan minimal inpasiv untuk mengurangi nyeri dan bisa mencegah tindakan operasi," katanya.

 

 

Faktor Risiko Munculnya Nyeri

Olahraga tanpa pemanasan bisa menyebabkan munculnya nyeri (ilustrasi/iStockphoto)

 Faktor risiko munculnya nyeri, ujar Ngurah, bisa dari sendi, tulang, dan otot karena injury yang berulang. 

"Repetitif injury artinya ada kerusakan dari struktur itu yang terus menerus berulang, yang disebabkan oleh karena olahraga yang tidak tepat tanpa pemanasan, posisi tubuh yang kurang baik, itu akan membuat struktur tubuh kita seperti tulang dan otot akan mengalami ketidakmampuan untuk menyanggah posisi-posisi tersebut," kata Ngurah. 

Menurut Ngurah, nyeri pada sendi dan tulang bukan berarti karena kekurangan vitamin. Ngurah mengatakan bahwa kekurangan vitamin, seperti vitamin D dan kalsium, tidak langsung berefek pada nyeri. 

 

 

Nyeri Rentan Dialami Karyawan

Karyawan Rentan Alami Nyeri (Foto: iStockphoto)

Pekerja kantoran disebut Ngurah sebagai individu yang berisiko mengalami nyeri. 

"Tentu saja karena berkaitan dengan posisi tubuh, dengan beban, dan gerakan-gerakan yang berlebihan di luar kemampuan tubuh untuk mengadaptasinya," ujarnya.

Ada pun cara mencegahnya, Ngurah mengimbau agar melakukan pekerjaan dengan posisi yang baik. Misal, mengetik di depan komputer dengan posisi tubuh ergonomik. 

Dan kalau misalnya akan mengangkat barang, harus berhati-hati. Ketika berolahraga jangan lupa pemanasan. 

"Harus bisa mengantisipasi hal ini sebelum terjadinya cedera," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada FinSpy, Malware Jahat yang Pantau Data WhatsApp Cs di Smartphone

Posted: 12 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para pakar keamanan di Kaspersky menemukan malware berbahaya yang bernama FinSpy. Malware ini bisa menyerang perangkat iOS dan Android.

Parahnya, jika smartphone terserang, malware ini akan memantau aktivitas di hampir seluruh layanan pesan populer, termasuk yang dienkripsi.

Mengutip keterangan resmi Kaspersky yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (13/7/2019), FinSpy merupakan software pengawasan yang rekam jejaknya antara lain mencuri informasi dari LSM internasional, pemerintah, dan organisasi penegak hukum di seluruh dunia.

Operator bisa menyesuaikan perilaku setiap implan FinSpy berbahaya menuju target atau kelompok tertentu.

Fungsi dasar malware ini mencakup pemantauan seperti geolokasi, seluruh pesan masuk dan keluar, kontak, media yang tersimpan dalam perangkat, bahkan dari layanan pesan populer seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Viber. Seluruh data yang telah diekstrak ditransfer ke para penyerang melalui pesan SMS atau protokol HTTP.

Versi terbaru dari malware ini juga bisa mengawasi aplikasi pesan yang dianggap aman seperti Telegram, Signal, atau Threema. Bahkan, FinSpy juga mahir menutupi jejaknya.

Misalnya, malware iOS yang menargetkan iOS 11 dan versi lebih lama, sekarang dapat menyembunyikan tanda-tanda jailbreak.

Sementara versi Android berisi eksploit yang mampu memperoleh hak akses root, termasuk akses ke seluruh file pada perangkat yang tidak di-unroot.

Serang Perangkat yang Di-jailbreak atau Root

Android malware (ist.)

Untuk dapat menginfeksi perangkat Android dan iOS, penyerang memerlukan akses fisik ke smartphone atau perangkat yang sudah di-jailbreak/ root sebelumnya.

Untuk smartphone yang sudah di-jailbreak/ root, ada tiga kemungkinan faktor infeksi, yakni pesan SMS, email, atau push notification.

Berdasarkan informasi Kaspersky, ada beberapa lusin perangkat seluler yang telah terinfeksi selama setahun terakhir.

"Pengembang di belakang FinSpy terus memantau pembaruan keamanan pada platform seluler dan cenderung memperbarui program berbahayanya agar mereka tidak diblokir oleh patch keamanan," kata peneliti keamanan Kaspersky Lab Alexey Firsh.

Tidak hanya itu, FinSpy juga mengikuti tren dan mengimplementasikan fungsionalitas dari aplikasi yang sedang populer.

Firsh juga menyebut, seberapapun perangkat terlindung, jika pernah di-root atau jailbreak, aktivitas mata-mata sangat mungkin untuk terjadi.

Cara Menghindar dari FinSpy

Malware. Foto: codepolitan

1. Jangan biarkan smartphone atau tablet tidak terkunci dan selalu pastikan tidak akan ada yang bisa melihat kode pin perangkat.

2. Jangan melakukan jailbreak atau me-root perangkat karena itu membuat serangan pelaku kejahatan siber menjadi lebih mudah.

3. Pastikan untuk selalu menginstal aplikasi dari toko resmi Google Play atau App Store.

4. Jangan mengikuti tautan mencurigakan yang dikirimkan pada pengguna.

5. Di pengaturan smartphone, lakukan blokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal.

6. Hindari pengungkapan kata sandi smartphone kepada siapa pun.

7. Jangan pernah menyimpan file atau aplikasi yang tidak dikenal dalam perangkat, karena bisa merusak privasi.

8. Pakai solusi keamanan untuk smartphone.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Jadi Content Creator, Coba Cara Ini

Posted: 12 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan zaman, makin banyak jenis pekerjaan baru yang bisa kamu geluti. Pekerjaan tersebut mungkin bahkan tak pernah hadir di pikiran kamu sebelumnya. Beberapa contoh pekerjaan tersebut adalah content creator, search engine optimization, dan masih banyak lagi.

Kalau mau jadi content creator, bagaimana caranya? Yuk, ikuti tipsnya dari Swara Tunaiku.

1. Pilih Konten yang Sesuai Passion

Langkah pertama yang bisa kamu jalani untuk menjadi seorang content creator adalah memilih konten yang sesuai dengan passion kamu. Kamu bisa memilih konten beauty, gaming, lifestyle, entertainment, sport, hingga traveling. Dengan memilih konten yang sesuai dengan passion, kamu bisa lebih bersemangat dan fokus dalam menjalaninya.

Tentunya, apa yang kamu hasilkan dari itu bisa menginspirasi banyak orang. Ada banyak, kok, content creator yang sangat keren di bidangnya. Misalnya, Abel Cantika dari konten beauty, Reza Oktavian dari konten gaming, dan masih banyak lagi.

2. Buatlah Karya Original

Ada banyaknya, kamu membuat karya yang orisinal. Meskipun kamu harus memulai dari 0 subscriber atau 0 followers, tetap gunakan karya orisinal dan bukan milik orang lain. Hal ini bisa menarik banyak orang untuk menyukai konten yang kamu miliki ke depannya. Di luar sana, ada banyak hal unik yang bisa kamu jadikan konten.

Misalnya, kamu bisa memilih membuat konten tentang seorang perempuan berkulit sawo matang dan cenderung gelap, kamu bisa memasukkannya ke konten beauty and fashion untuk 'perempuan' dengan kategori tersebut. Kunci semuanya ini adalah kamu harus bisa menemukan sisi unik dalam diri kamu dan menjadikannya karya yang orisinal.

3. Perbaharui Tren Terbaru

Ilustrasi beauty vlogger. (via: buduaar.ee)

Menjadi content creator menuntut kamu untuk selalu melakukan pembaruan dengan perkembangan tren saat ini. Kamu bisa membahas berbagai hal yang hangat dibicarakan semisal cara editing foto yang terbaru atau mengikuti tantangan yang sedang viral di dunia maya.

Dengan membuat konten yang selalu up to date dan terkini, akan lebih memudahkan konten kamu dikenal banyak orang. Kalau sudah begini, mendapatkan followers dan subscriber akan lebih mudah.

4. Jangan Malu Mengintip Konten Orang Lain

Mengintip konten orang lain tak ada salahnya. Namun, tujuan kamu mengintip ini bukan untuk plagiat, ya! Melainkan hanya untuk referensi saja. Melihat konten orang lain bahkan sebenarnya bagus untuk jadi acuan kalau dirimu bisa membuat konten yang lebih baik dari itu.

Dengan melihat konten orang lain, kamu bisa tahu apa yang sedang hits dan ini bisa jadi memotivasi diri kamu. Kamu juga bisa mempelajari berbagai hal-hal baru dengan cara ini. Ingat, kreatif itu ada banyak caranya. Salah satunya adalah melihat sesuatu yang sudah ada dan membuat inovasi terbarunya.

5. Multitasking

Ilustrasi  laptop (iStockPhoto)

Ada baiknya, bila kamu mau jadi content creator yang baik, bisa multitasking. Kamu bisa belajar edit video, belajar mengoperasikan kamera, memotret, mengatur feed Instagram, dan masih banyak lagi. Dengan keahlian yang banyak ini, kamu bisa mendukung personal branding konten kamu.

6. Konsisten

Hal yang wajib dimiliki setiap content creator adalah konsistensi. Ini adalah tantangan terberat yang harus kamu jalani dalam berkarya. Mulailah atur diri kamu dengan lebih teratur dalam update konten. Misalnya, kamu bisa update 1 video seminggu dan 4 kali posting foto di waktu tersebut. Kalau perlu, adakan juga giveaway dalam waktu yang konsisten.

Itulah langkah yang bisa kamu terapkan bila mau jadi content creator yang sukses. Tak terlalu susah asal kamu bisa kreatif dan mau mencoba. Satu lagi, konsistensi adalah hal yang perlu. Jangan baru mulai dan hadapi kesusahan, sudah menyerah!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keakraban Jokowi dan Prabowo Saat Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus

Posted: 12 Jul 2019 09:53 PM PDT

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi mengaku akan merundingkan soal koalisi dengan Prabowo dan para partai pendukung. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi mengaku akan merundingkan soal koalisi dengan Prabowo dan para partai pendukung. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo mengatakan masyarakat tidak boleh lagi berseteru sebab Pilpres sudah lewat. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo mengatakan masyarakat tidak boleh lagi berseteru sebab Pilpres sudah lewat. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi yakin Prabowo akan mendiskusikan dengan para relawan dan partai pendukung soal koalisi. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi yakin Prabowo akan mendiskusikan dengan para relawan dan partai pendukung soal koalisi. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) memberi keterangan didampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi berharap masyarakat dapat semakin bersatu usai dirinya dan Prabowo bertemu. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) memberi keterangan didampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi berharap masyarakat dapat semakin bersatu usai dirinya dan Prabowo bertemu. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menaiki MRT dari Stasiun Lebak Bulus menuju Stasiun Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Keduanya berbincang serius namun hangat saat duduk bersebelahan di dalam gerbong MRT. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menaiki MRT dari Stasiun Lebak Bulus menuju Stasiun Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Keduanya berbincang serius namun hangat saat duduk bersebelahan di dalam gerbong MRT. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat tiba di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi dan Prabowo menuju FX Sudirman untuk makan bersama. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat tiba di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi dan Prabowo menuju FX Sudirman untuk makan bersama. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat tiba di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi dan Prabowo terlihat mendapat pengawalan ketat aparat. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat tiba di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi dan Prabowo terlihat mendapat pengawalan ketat aparat. (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Kali Jajal MRT, Prabowo: Seperti di Luar Negeri

Posted: 12 Jul 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto akhirnya bertemu dengan presiden terpilih 2019, Joko Widodo atau Jokowi. Pertemuan yang berlangsung hangat di salah satu gerbong Kereta MRT itu menjadi kesan tersendiri bagi Prabowo.

"Seperti di luar negeri ya," kata dia usai menjajal pengalaman pertamanya menaiki MRT Jakarta, Sabtu (13/7//2019).

Usai menjajal MRT bersama Jokowi, keduanya langsung menyantap hidangan di Restoran Sate Khas Senayan di Mall FX Jakarta. Dua kursi dan satu meja khusus telah disiapkan untuk singgah makan siang keduanya.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, menu kelapa muda dan sate menjadi andalan. Prabowo dan Jokowi tampak menikmati hidangan, sembari menjalin obrolan yang terlihat akrab.

Bersama Prabowo dan Jokowi, turut hadir para elite politik seperti Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua TKN Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya.

Harap Pendukung Silaturahmi

Jokowi-Prabowo makan siang di pusat perbelanjaan FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Sebelumnya, saat masih di dalam gerbong MRT Jokowi dan Prabowo sempat berbincang dengan serius namun hangat. Jokowi menyatakan, dia berharap masyarakat dapat semakin bersatu setelah dirinya dan Prabowo bertemu.

"Sudah melihat para pemimpinnya bergandengan, mestinya pendukungnya bergandengan semuanya," ujar Jokowi di lokasi, Sabtu (13/7/2019).

Prabowo pun setuju dengan pernyataan Jokowi. Dia menilai, masyarakat tidak boleh lagi berseteru sebab Pilpres sudah lewat.

"Saya setuju, enggak ada cebong-cebong, enggak ada kampret-kampret, semuanya merah putih," tegas Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengenaan Cukai Dorong Pertumbuhan Industri Rokok Elektrik

Posted: 12 Jul 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setahun pasca dikeluarkannya kebijakan penetapan tarif cukai pada produk tembakau alternatif yaitu rokok elektrik, Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) memberikan apresiasi atas dukungan yang berkelanjutan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Ketua APVI, Aryo Andrianto, mengatakan DJBC telah menjalankan kebijakan dengan sangat baik sehingga berdampak positif pada pertumbuhan bisnis industri Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL).

Aryo juga menyatakan DJBC hingga saat ini konsisten memberantas peredaran rokok elektrikyang ilegal, terutama rokok elektrik. Konsistensi tersebut menciptakan iklim bisnis yang kondusif sehingga mendorong perkembangan industri.

"Kami optimis DJBC akan terus mempertahankan kinerja positif ini. Kami, pelaku usaha yang legal, siap mendukung DJBC demi mendorong pertumbuhan industri HPTL dan perekonomian negara," ujar dia di Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Pada Juli 2018, penerapan cukai HPTL efektif berlaku mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. Dalam beleid tersebut, produk HPTL dikenakan tarif cukai sebesar 57 persen.

Dia menjelaskan, pada 2018, industri rokok elektrik mampu menyumbang cukai Rp 105,6 miliar. Untuk tahun ini, DJBC menargetkan penerimaan Rp 2 triliun.

 

Penurunan Tarif Cukai

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Meskipun demikian, Aryo berharap pemerintah menurunkan tarif cukai HPTL karena tarif cukai saat ini dinilai terlalu tinggi. Hal ini dikhawatirkan bakal mengancam kelangsungan industri.

"Di kategori rokok saja, merek rokok baru dari perusahaan baru bisa dikenakan tarif yang lebih rendah. Karena itu, kami mohon pada pemerintah untuk memikirkan kembali besaran tarif cukai HPTL bagi industri baru ini, yang hampir 90 persen pelaku usahanya berasal dari UMKM," kata Aryo.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga dinilai perlu mengubah sistem tarif cukai HPTL menjadi sistem nominal. Sistem tersebut akan memberikan kemudahan dari sisi administrasi, baik untuk pemerintah maupun pelaku usaha. Dengan sistem tarif cukai prosentase yang diterapkan saat ini, pemerintah akan kesulitan dalam pengawasan dan penghitungan cukai produk HPTL.

"Sistem nominal diberlakukan untuk menghindari adanya kecurangan atau penghindaran cukai. Melalui sistem cukai nominal, produk HPTL ilegal atau yang tidak membayar cukai juga bisa ditekan. Sebaiknya, perubahan sistem cukai justru diikuti dengan penurunan beban cukai agar industri baru ini mendapat kesempatan untuk bertumbuh," tandas dia.

   

Industri Pengolahan Tembakau Alternatif Buka Peluang Ekonomi Baru

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Keberadaan industri pengolahan tembakau bisa menjadi peluang ekonomi baru. Seperti pada industri produk tembakau alternatif di Bali. Salah satu jenis produk tembakau alternatif yang mengalami peningkatan pesat di Pulau Dewata adalah rokok elektrik atau vape.

Tingginya jumlah pengguna produk tembakau alternatif juga sejalan dengan perkembangan jumlah toko yang menjual rokok elektrik.  

Wakil Sekretaris Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bali, IGN Indra Andhika mengaku mendukung keberadaan pelaku usaha produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan. Menurut dia, produk tembakau alternatif memiliki prospek yang besar.

"Sektor inovatif ini akan menjadi peluang usaha yang besar ke depan mengingat posisi Bali yang sangat strategis di industri pariwisata nasional," katanya seperti dikutip Antara.

Menurut data Asosiasi Vaporizer Bali (AVB), Denpasar merupakan kota dengan jumlah toko rokok elektrik terbanyak yang disusul Kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar, Karangasem, Negara, dan Buleleng.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta turut mengapresiasi perkembangan industri produk tembakau alternatif. Menurut dia, dengan berkembangnya produk tembakau alternatif dapat terus berkembang serta membuka lapangan pekerjaan baru.

Industri produk tembakau alternatif juga mendorong peningkatan sektor pariwisata di Bali, khususnya di Badung, Bali.

Hal ini tidak terlepas karena ketertarikan wisatawan mancanegara dalam mengonsumsi produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik yang diproduksi oleh pengusaha lokal. Saat ini, jumlah penggunanya mencapai sekitar 60 ribu orang.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan telah menetapkan tarif cukai hasil tembakau untuk produk tembakau alternatif atau Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146/PMK.010/2017. Peraturan tersebut telah ditetapkan dari 1 Juli 2018.  

Tren Vape Dinilai Tak Pengaruhi Industri Rokok Tradisional

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Direktur Utama PT Indonesian Tobacco Djonny Saksono mengatakan, perkembangan rokok elektrik (vape) yang saat ini tengah digandrungi anak muda tidak akan mempengaruhi bisnis rokok tradisional.

Dia menjelaskan, pertumbuhan industri vape didalam negeri hanya merupakan tren sesaat (jangka pendek). Sedangkan untuk jangka panjang, vape dinilai belum dapat menggantikan bisnis industri rokok linting di dalam negeri.

 "Saya pribadi merasa kurang yakin kalau ini (vape) jadi tren jangka panjang. Misalnya kita dibilang jangan makan nasi banyak-banyak, kan kalau nggak makan nasi nggak kenyang. Mencari pengganti rokok tidak semudah itu," tuturnya di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

"Sekarang kandungan parfume vape belum banyak yang tahu bahayanya sampai dimana, karena itukan kimia. Untuk long term (bisnis) tidak berpengaruh," tambah dia.

Dijelaskannya, fokus Perseroan saat ini ialah melakukan penetrasi penjualan untuk produk Manna yakni produk andalan Perusahaan secara nasional.

"Kehadiran Manna berfungsi untuk merambah ke masyarakat yang memiliki selera berbeda. Jadi Perseroan akan memiliki berbagai varian yang dipasarkan untuk jangkau berbagai segmen pasar," kata dia.

Adapun Produk Manna hadir sejak tahun 2016 dan dipasarkan pertama kali di wilayah Pontianak, Manado, dan Gorontalo. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BP Batam Minta Pejabat yang Baru Dilantik Fokus Tingkatkan Invertasi dan Ekspor

Posted: 12 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady melantik 8 pejabat stuktural Eselon II dan III di lingkungan BP Batam pada Jumat (12/7/2019) pagi. Pelantikan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kepala BP Batam lantai 8. Pelantikan ini disaksikan oleh Anggota 1/Deputi Bidang Administrasi dan Umum Purwiyanto, Anggota 3/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Dwiyanto Eko Winaryo, serta seluruh Eselon II, III, dan IV di lingkungan BP Batam. 
 
Adapun pejabat Eselon II yang dilantik antara lain, Purnomo Andiantono selaku Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana, Asep Lili Holilulloh selaku Kepala Biro Perencanaan, Lilik Wijayanti selaku Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Endry Abzan sebagai Direktur Pelayanan Satu Pintu (PTSP), Siswanto menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan, Herawan sebagai Direktur Pemanfaatan Aset, dan Dendi Gustinandar sebagai Direktur Promosi dan Humas. Sedangkan Eselon III, Ibrahim dilantik sebagai Kepala Bagian Administrasi Kantor Pengelolaan Air dan Limbah.
 
Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady, tak lupa memberi ucapan selamat dan mengingatkan pejabat-pejabatnya yang telah dilantik untuk tetap fokus dalam bekerja dan memupuk dedikasi terhadap lembaga.
 
"Dengan dilantiknya pejabat Eselon II dan III hari ini diharapkan dapat mengisi kekosongan pejabat struktural di BP Batam serta mampu mengoptimalkan kinerjanya, khususnya dalam mengemban misi peningkatan investasi dan kegiatan ekspor," ujar Edy dalam sambutannya.
 
Pada kesempatan itu, Edy juga mengirimkan permohonan maafnya atas keterlambatan pelaksanaan pelantikan pejabat struktural di BP Batam.
 
"Memang saya akui tidak mudah untuk melakukan ini. Karena saya bersama dengan kedua Deputi sudah melakukan evaluasi dan konsultasi baik kepada Menteri Koordinator Perekonomian RI maupun Tim Teknis serta Dewan Pengawas dan lainnya. Akhirnya kami memutuskan tadi malam untuk dilaksanakan pagi ini," jelasnya.
 
Terakhir, Edy berpesan para pejabat yang telah dilantik dapat bekerja sesuai aturan dan kebijakan yang telah ditentukan, menghindari adanya kepentingan pribadi dan kelompok tertentu, serta memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi investor dan masyarakat Batam.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi dan Prabowo Bertemu, Ini Kegiatan Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno

Posted: 12 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Sabtu 13 Juli 2019, Presiden Joko Widodo dan Prabowo akhirnya bertemu pasca pemilu untuk merebut kursi Presiden periode 2019-2024. Keduanya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta yang didampingi beberapa pejabat lainnya. Prabowo datang sekitar pukul 09.51 WIB. Kedatangannya langsung disambut Sekretaris Kabinet Prabowo Subianto dan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Budi Gunawan.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, hingga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani telah tampak di Statiun MRT sebelum Prabowo datang. Tepat pada pukul 10.07 WIB, keduanya bertemu dan langsung berjabat tangan. Keduanya juga sempat bercanda dan tertawa bersama. Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo tersebut disambut meriah pula oleh warga yang hadir di Stasiun MRT Lebak Bulus.

Ketika Jokowi dan Prabowo bertemu satu sama lain sebagai bentuk rekonsiliasi pasca pemilu, para wakil dari keduanya tak tampak turut menghadiri di MRT Lebak Bulus, Jakarta. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kegiatan Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno yang dirangkum oleh Liputan6.com, Sabtu (13/7/2019) di saat Jokowi dan Prabowo bertemu. 

Ma'ruf Amin Bertemu dengan Cucu

Calon Wakil Presiden dari nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin memberikan keterangan kepada awak media saat tiba untuk memimpin rapat rutin bersama petinggi dan anggota MUI di Jakarta, Selasa (13/11).(Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Ditengah pertemuan Jokowi dan Prabowo, ternyata Ma'aruf Amin tengah menghabiskan waktunya bersama cucu. Hal ini diketahui dari akun Twitter Ma'ruf Amin. Wakil presiden terpilih itu terlihat sedang bersama sang cucu. Dalam unggahannya pada 13 Juli 2019 pukul 10.20 WIB ia menuliskan kalimat keterangan,

"Salah satu kebahagiaan saya adalah ketika diajak bermain oleh cucu dikala waktu senggang. Ketika melihatnya, saya selalu ingin menggendongnya dan mendoakan segala kebaikan untuknya." tulisnya dikutip dari akun Twitter @Kiyai_MarufAmin. 

Dlam cuitannya tersebut, Ma'ruf juga menambahkan foto dirinya tengah memeluk sang cucu yang menggunakan baju berwarna merah muda.

Kegiatan Sandiaga Uno

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno melambaikan tangan setibanya di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk menggunakan hak politiknya dalam Pemilu 2019, Rabu (17/4). Pemilu 2019 terdiri dari Pilpres dan Pileg yang diselenggarakan secara serentak (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sandiaga Uno tengah menjalani berbagai kegiatan di Singapura, ketika Jokowi dan Prabowo melakukan pertemuannya pertama kali setelah bertarung di pemilihan umum Presiden beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan Ma'ruf Amin yang menghabiskan waktunya bersama keluarga, Sandiaga Uno sepertinya tengah sibuk mengunjungi tempat dan bertemu dengan beberapa orang di Singapura. Hal ini dapat terlihat dari unggahan foto di akun Instagram miliknya. 

Sandiaga Uno tengah berada di Singapura diundang untuk berbicara dalam sebuah forum yang digagas oleh ISEAS Yusof Ishak Institute Singapura, dikutip dari kieterangan di Instagramnya. Tak hanya menghadiri acara tersebut, Sandiaga Uno juga menyempatkan untuk ke masjid. 

Dalam unggahannya terlihat ia tengah berada di Ba'alwie Mosque Singapore dan bertemu dengan imam. Tak berhenti disitu, kegiatan Sandiaga Uno di Singapura juga bertemu dengan salah satu pengusaha migas yang ia tulis di-caption Instagramnya. 

View this post on Instagram

Sebuah kehormatan bagi saya, pagi ini bisa diundang untuk berbicara dalam sebuah forum yang digagas oleh ISEAS Yusof Ishak Institute Singapura. Dalam kesempatan ini saya membahas tentang masa depan ekonomi dan juga demokrasi di Indonesia. Dalam demokrasi, harus ada check and balance. Ada yang berkuasa namun harus ada juga oposisi yang memantau dan mengoreksi kebijakan-kebijakan pemerintah. Bila demokrasi ingin sehat harus ada perimbangan antara yang menjalankan pemerintahan dengan yang mengontrol jalannya pemerintahan. Meski berada di luar pemerintahan, saya akan tetap menunaikan janji kampanye saya, yakni menjalankan program-program yang telah saya gagas, seperti Rumah Siap Kerja dan OK OCE. Pengangguran dan sulitnya mencari lapangan kerja masih menjadi isu utama bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat menginginkan adanya perbaikan dan solusi dalam waktu cepat. Dengan @rumahsiapkerja dan @okoce.indonesia, harapannya bisa membantu pemerintah untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan menciptakan banyak lapangan kerja baru untuk putra dan putri bangsa.

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang Lebih Dulu, Prabowo Lambaikan Tangan ke Pengunjung Fx Sudirman

Posted: 12 Jul 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Capres Prabowo Subianto terlebih dahulu meninggalkan pusat perbelanjaan FX Sudirman usai makan siang bersama Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi, Sabtu (13/7/2019).

Keluar dari restoran, Prabowo yang mengenakan kemeja warna putih ini melambaikan tangan dan tersenyum kepada masyarakat yang memanggil manggil namanya di mal tersebut.

"Pak Prabowo, Pak Prabowo," teriak pengunjung mal tersebut.

Ketua Umum Partai Geridra ini ditemani oleh sejumlah orang, termasuk Sekjen Ahmad Muzani. Terlihat pula Kepala BIN Budi Gunawan ikut mengantar kepergian Prabowo dari mal tersebut.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengucapkan selamat kepada Jokowi yang telah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum. Prabowo mengatakan, ia memang sengaja ingin mengucapkan selamat secara langsung ke Jokowi.

"Banyak yang bertanya, Pak Prabowo belum mengucapkan selamat ke Pak Jokowi. Saya katakan bagaimana saya ini ada ewuh-pekewuh, tata krama. Ucapkan selamat maunya langsung, tatap muka. Jadi saya ucapkan selamat, Pak," kata Prabowo sambil menjabat tangan Jokowi di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Mundur, Peluang Arsenal Dapatkan Lemina Makin Besar

Posted: 12 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Arsenalberpeluang mendapatkan Mario Lemina dari Southampton setelah Manchester United (MU) mundur. The Gunners tengah menyiapkan tawaran untuk mantan gelandang Juventus tersebut.

Arsenal ingin mendatangkan pemain berusia 25 tahun untuk menambah lini tengah mereka. Pasukan London Utara sejauh ini baru mendatangkan bintang muda Brasil Gabriel Martinelli.

Southampton memasang harga 15 juta pounds (Rp 263 miliar) untuk sang pemain. Harga tersebut terjangkau untuk Arsenal yang mendapat pasokan dana yang minim untuk belanja pemain.

Mario Lemina telah memainkan pertandingan selama 46 kali selama dua musim membela Southampton. Mario Lemina juga tertarik untuk bermain di Arsenal.

"Saya tersanjung oleh minat Arsenal. Saya bermain untuk klub besar sekarang tapi saya senang dengan minat klub lain," ujar Mario Lemina yang dikutip dari Football London (12/7/2019).

"Saya tidak punya preferensi untuk liga apa pun. Masa depanku tergantung pada siapa yang benar-benar menginginkanku," imbuhnya.

Arsenal pernah mencoba mendatangkan Mario Lemina tahun 2017 saat masih membela Juventus. Namun, mereka kalah bersaing dengan Southampton yang mencapai kesepakatan sebesar 18 juta pounds (Rp 316 miliar).

Mencari Pengganti Aaron Ramsey

Ryan Fraser. (AP/Rui Vieira)

Keinginan Arsenal untuk mendatangkan gelandang baru karena kehilangan Aaron Ramsey. Pemain asal Wales itu meninggalkan Arsenal dan bergabung ke Juventus pada musim panas 2019.

Namun, Arsenal tak memiliki banyak opsi karena keterbatasan bujet belanja. The Gunners hanya memiliki 45 juta pound.

Jumlah tersebut membuat Arsenal harus mempertimbangkan matang-matang untuk mendatangkan pemain baru. Sebelumnya, Arsenal sempat mengincar pemain Bournemouth, Ryan Fraser. Namun, Arsenal siap menunggu kontrak pemain tersebut habis pada Juni 2020.

Sumber: Football London

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BUMN Ini Ekspor Bahan Peledak ke Timor Leste

Posted: 12 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Dahana (Persero) melakukan first blasting di proyek kuari Tibar Bay Port Dili, Timor Leste. Ini merupakan bagian dari ekspansi pasar luar negeri Dahana.

Perusahaan pelat merah yang berkantor pusat di Subang Jawa Barat ini mendapatkan kontrak untuk mensuplai bahan peledak dalam proses peledakan kuari untuk keperluan infrastruktur pelabuhan terbesar di Timor Leste tersebut. 

Dahana menggandeng perusahaan lokal Incanto Weste Unipessoal LDA untuk project peledakan tersebut. Kerjasama ini berbuah dengan ekspor bahan peledak Dahana ke Timor Leste yang dikirim dalam tiga kali pengiriman.

"Kami mengimpor bahan peledak dari Dahana untuk proyek kuari di Tibar. Bahan peledak tersebut berupa dayagel, detonator electric dan non electric, detonating cord serta amonium nitrat," ungkap Presiden Direktur Incanto Weste Unipessoal LDA  Joanico Jerenimo, Sabtu (13/7/2019).

Sementara itu, Direktur Utama Dahana Budi Antono menjelaskan bahan peledak dikirim dalam tiga kali pengiriman. "Masing-masing pengiriman 11 kontainer dengan nilai kontrak senilai USD 420 ribu," tambahnya. 

 

Awal Pemilihan Dahana

Produk-produk PT Dahana (Persero) semakin dilirik oleh pangsa pasar mancanegara. (Foto: Dok PT Dahana)

Ihwal pemilihan Dahana untuk mengerjakan project ini adalah karena faktor kepercayaan pemerintah Timor Leste. 

Untuk memperkuat kerjasama antar kedua belah pihak, Dahana - Incanto juga menandatangani nota kesepahaman yang menunjuk Incanto sebagai distributor tunggal bahan peledak komersial Dahana di Timor Leste.

Bahkan kerjasama ini mendapat dukungan langsung dari Menteri Pertahanan dan Dalam Negeri Timor Leste, Filomeno da Paixão de Jesus. Menurutnya, distribusi bahan peledak harus diatur secara ketat karena termasuk bahan berbahaya.

"Oleh karenanya, distribusi bahan peledak yang masuk ke Timor Leste harus melalui perusahaan yang resmi dan ahli di bidang itu," ungkapnya.

 

 

 

Target Proyek Selanjutnya

Menteri BUMN Rini M Soemarno melepas ekspor yang dilakukan tiga BUMN, yaitu PT Bio Farma (Persero), PT Pindad (Persero) dan PT Dahana (Persero). Liputan6.com/Ilyas Istianur P

Selain project Tibar Bay Port, peluang jasa peledakan lain juga telah menanti di project lainnya seperti bandara udara Dili yang direncanakan akan di tata dan diperluas landasannya tahun ini.

Pemerintah Timor Leste juga menargetkan tahun 2025 semua jalan dari perbatasan RI - RDTL hingga Kota Dili hotmix. Banyak bukit yang harus diratakan atau dibelah untuk menunjang akses jalan baru. Teknik peledakan memberikan solusi untuk kecepatan dan efisiensi penyelesaian project konstruksi tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Kehangatan Jokowi dan Prabowo dalam Gerbong MRT

Posted: 12 Jul 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto bertemu usai Pilpres 2019. Keduanya bersua di Stasiun MRT Lebak Bulus, Sabtu (13/7/2019).

Usai bersalaman dan berpelukan saat bertemu, Jokowi dan Prabowo langsung menaiki kereta MRT. Keduanya duduk berdua dan berbincang di dalam gerbong nomor 2 kereta MRT.

Jokowi dan Prabowo (Sumber: Twitter/pramonoanung)

Pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Prabowo tampak serius menobrol di dalam MRT. Sementara rombongan lainnya berada agak jauh dari keduanya.

Pertemuan perdana Jokowi dan Prabowo pasca-Pilpres 2019. Keduanya duduk bersama di dalam MRT dari Stasiun Lebak Bulus, Sabtu (13/7/2019) (Liputan6/Liszha Engeham)

Sejumlah tokoh yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, hingga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Prabowo Pertama Kali Naik MRT

Di Gerbong MRT, Jokowi dan Prabowo Tampak Berbincang Serius

Bukan tanpa alasan Jokowi mengajak Prabowo naik MRT. Jokowi mengaku mengetahui jika Prabowo belum pernah naik MRT.

"Alhamdulilah pertemuan terlaksana, dan kita coba MRT, karena saya tahu Pak Prabowo belum pernah naik MRT," ujar Jokowi.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo Subianto Usai Pilpres 2019 di MRT Jakarta. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Jokowi menyebut, pertemuan dirinya dengan Prabowo adalah pertemuan dengan seorang sahabat, kawan, dan saudara.

"Sebetulnya sudah kita rencanakan lama, tapi Prabowo sibuk sering mondar mandir ke luar negeri, saya pun begitu, perga-pergi ke Jakarta dan daerah ada juga ke luar," kata Jokowi.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo Subianto Usai Pilpres 2019 di MRT Jakarta. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Jokowi pun meminta agar para pendukung juga melakukan hal yang sama dengan dirinya dan Prabowo, yaitu rekonsiliasi.

"Kita juga berharap agar pendukung juga melakukan hal yang sama, karena kita adalah suara sebangsa dan setanah air," ujar Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,8, Mindanao Filipina Tak Keluarkan Peringatan Tsunami

Posted: 12 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Mindanao - Gempa bumi bermagnitudo 5,8 dilaporkan mengguncang bagian utara Mindanao di kepulauan Filipina pada Sabtu 13 Juli 2019 pagi waktu setempat. Demikian menurut informasi Survei Geologi AS (USGS).

Laporan The Straits Times, Sabtu (13/7/2019), menyebut bahwa belum ada ada laporan korban atau kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Juga tidak ada peringatan tsunami dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang bermarkas di Hawaii setelah gempa.

April lalu, wilayah lain di Filipina juga diguncang gempa cukup kuat.

Gempa bumi bermagnitudo 6,3 melanda Gutad, Filipina tengah pada Senin 22 April 2019, menurut data dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Lindu tersebut terjadi pada pukul 17.11 waktu lokal atau 16.11 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Titik pusat gempa berada pada kedalaman 40,2 kilometer dari permukaan bumi.

Seorang saksi mata di Ibu Kota Filipina, Manila mengatakan kantornya yang terletak di kawasan bisnis Kota Makati bergoyang.

Sementara itu, kontributor BBC menulis di Twitter, warga Manila yang tengah berbelanja di mal Glorietta segera berkumpul di luar gedung.

Sejumlah foto dan video yang bereda di media sosial memperlihatkan sejumlah sekolah dan bangunan di Manila, Filipina dievakuasi akibat gempa bumi magnitudo 6,3 itu.

Sering Gempa

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Filipina relatif sering dilanda gempa bumi. Pada Maret lalu, gempa bermagnitudo 5,8 mengguncang Mindanao, Filipina pada Rabu 6 Maret 2019, pukul 13.03 UTC, atau 08.13 waktu setempat. 

Dikutip dari www.emsc-csem.org, lindu berada pada 211 kilometer (130 mil) bagian timur laut Kota Davao, Filipina, dan berpusat di kedalaman 60 kilometer.

Sementara itu pada 29 Desember lalu, gempa yang lebih besar juga mengguncang wilayah yang sama. Lindu berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Pulau Mindanao, Filipina.

Saat itu, The NWS Pacific Tsunami Warning System merilis adanya peringatan gelombang tinggi dan berbahaya untuk semua pantai yang berjarak 300 km dari titik gempa.

Instansi pemerintah Filipina saat itu disarankan untuk memberi tahu masyarakat di daerah pesisir tentang risiko adanya tsunami.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawa Kesan Klasik pada Rumah Lewat Tumpukan Batu Bata Unik Multifungsi

Posted: 12 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinding adalah salah satu elemen penting yang bisa mendukung kenyamanan di rumah. Tak hanya berfungsi untuk menyangga bidang, dengan kreasi batu bata, dinding juga bisa menunjang keindahan ruang.

Salah satu produsen penyedia batu bata, Omahbata baru-baru ini memamerkan beragam variasi dan jenis bata ekspos di Pameran HOMEDEC 2019, di Jakarta. Jangan bayangkan batu bata yang biasanya hanya berwujud balok terakota, tetapi hadir dalam desain-desain yang cantik.

"Dari segi kualitas, bata ini memiliki tekstur yang lebih kuat dan sesuai dengan namanya batu bata ekspos, jadi memang kita khusus ekspos dan tidak diplester. Jadi, aksen natural dari batu bata ini kita tonjolkan dan benar-benar mengikuti konsep rumah yang diinginkan," ujar Irwan, Divisi Desain Omahbata, kepada Liputan6.com, Kamis, 11 Juli 2019.

Batu bata ekspos bisa digunakan sebagai hiasan dinding agar menampilkan kesan klasik, tetapi tidak menghilangkan konsep kekinian. Selain itu, dapat juga digunakan dijadikan pagar rumah hingga kursi dengan gaya artistik.

Terinspirasi dengan model-model modern, batu bata ekspos didesain kekinian. Salah satunya yaitu batu bata roster atau lubang angin. Roster terkenal sebagai lubang angin untuk sirkulasi udara, namun Omahbata mengembangkannya dengan berbagai bentuk yang unik untuk menarik perhatian.

"Bata itu kan bahan dasar bangunan. Jadi, kita membuatnya berbeda  agar tidak hanya dipakai sebagai pondasi bangunan, namun juga digunakan sebagai aksen utama agar terlihat lebih hidup dan unik," ujar Irwan.

Jenis dan Harga

Berbagai Motif Roster Terakota Omahbata (dok.Liputan6.com/Devita Nur Azizah)

Ada dua jenis warna batu bata roster, yaitu warna terakota dan abu-abu (natural) yang terbuat dari bahan dasar semen. Roster juga memiliki berbagai motif seperti polkadot, kincir angin, pola silang anyam dan masih banyak lagi. Jika menginginkan warna yang berbeda, Anda dapat mengecat roster sesuai warna dengan yang diinginkan.

Mengusung konsep industrial, batu bata ekspos berhasil menarik berbagai pihak. Misalnya, studio di salah satu program televisi yang memakai batu bata tempel untuk memberikan kesan lebih hidup dan berwarna. Ada juga kafe di berbagai kota di Indonesia yang menggunakan batu bata roster untuk menjadi hiasan di kafenya.

Perawatan batu bata ini terbilang cukup mudah. Anda cukup melapisinya dengan pelapis antijamur sehingga tetap terjaga kebersihan serta kualitas batu bata.

Harga satuan untuk bata ekspos dibanderol mulai dari Rp800 hingga Rp7rb per buah, sedangkan untuk batu bata roster dimulai dari harga Rp10rb hingga Rp20rb. Berbeda dengan dua jenis batu bata ini, batu bata tempel dibanderol dengan harga Rp150rb--Rp285 ribu/m2.

Jika Anda berminat untuk medesain rumah dengan konsep natural dan klasik ini, Anda dapat membeli batu bata ini di workshop Omahbata yang berada di kawasan Jalan Ciputat Raya atau cabangnya yang berada di Tangerang. (Devita Nur Azizah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adjis Doaibu Pengen Liat Raditya Dika Ngeroasting di JICOMFEST 2019

Posted: 12 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gelaran JICOMFEST 2019 atau Jakarta International Comedy Festival kian mendekati hari-H. Dihelat di JIExpo Kemayoran Hall B dan C, ada sekitar 100 komedian dalam dan luar negeri yang bakal bikin tawamu pecah selama dua hari berturut-turut, tepatnya 3-4 Agustus mendatang. Salah satu komika ngetop tanah air yang ikut memeriahkan panggung JICOMFEST 2019 adalah Adjis Doaibu.

Selain jadi line-up Parade Comic di hari kedua, ternyata komika bernama asli Abdul Aziz Batubara ini nggak mau ketinggalan salah satu Special Show di JICOMFEST 2019. Penasaran?

Roasting by Raditya Dika

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Jakarta Int'l COMEDY FESTIVAL (@jicomfest) on

Aktif sebagai komika sejak tahun 2011, Adjis mengaku mengidolakan komika senior tanah air, salah satunya Raditya Dika. Nggak heran jika event JICOMFEST 2019 dianggap sebagai obat kangen untuk melihat aksi salah satu pendiri komunitas Stand-Up Indo ini.

"Nonton Radit live itu baru dua kali, yang pertama di open mic standup Indo 13 Juli 2011 di Comedy Cafe. Sama kalau nggak salah Grand Final SUCI 1," jelasnya.

Tapi baru kali ini ada kesempatan untuk melihat Raditya Dika melakukan roasting pada Youtubers tanah air yang tak kalah populernya. Rencananya, Special Show di hari kedua tersebut akan menghadirkan Kimi Hime, Mael Lee, dan Mak Beti sebagai korban ledekan Radit. Dijamin ngakak!

Special Show di Hari Kedua yang Patut DInanti

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Jakarta Int'l COMEDY FESTIVAL (@jicomfest) on

Selain Roasting Youtuber with Raditya Dika, ada Special Show lainnya yang wajib dinanti di hari kedua. Dari luar negeri, ada Maz Jobrani yang merupakan komedian papan atas dari Amerika Serikat dan sudah wara-wiri di Netflix dan medsos lainnya. Tak ketinggalan performa kocak dari komika senior tanah air lainnya yaitu Pandji Pragiwaksono yang bakal membawakan materi segar yang mengocok perut.

Show Lainnya yang Bikin Tawa Pecah

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Jakarta Int'l COMEDY FESTIVAL (@jicomfest) on

Ada 3 panggung besar yang bakal jadi saksi tawa tanpa henti. Selain Daihatsu Stage yang jadi panggung bagi Special Show dan Parade Comic, Bing Stage juga bakal menyuguhkan performa dari komika papan atas dalam negeri. Mulai dari Overacting Reborn, X-Men Session Show, Celebrity Stand Up yang diisi Andhika Pratama dan Gading Marten, serta Mati Ketawa Ala Melanesia.

Tak ketinggalan DKI Stage yang bakal dimeriahkan Paski Show dan Stand Up Comedy Class yang dipandu Isman HS dan Mo Sidik. Begitu juga Music Performance yang diisi oleh Orkes Pensil Alis dan Musik Kodian.

Punya banyak aksi yang ditampilkan oleh komedian dalam dan luar negeri, jangan sampai kelewatan event keren ini. Yuk, cari tahu informasi selengkapnya cukup dengan klik di sini.

 

(Zki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi-Prabowo Makan Sate Usai Rekonsiliasi

Posted: 12 Jul 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua calon presiden dalam Pilpres 2019, Jokowi-Prabowo makan siang di pusat perbelanjaan FX Sudirman, Jakarta. Keduanya duduk bersebelahan di satu meja.

Pada makan siang hari ini, Sabtu (13/7/2019), Jokowi-Prabowo menyantap sate. Keduanya juga minum kelapa muda.

Saat makan siang keduanya sesekali berbincang. 

Namun, usai makan, Prabowo meninggalkan terlebih lokasi tersebut. Sementara Jokowi masih berada di restoran Sate Khas Senayan dan berbincang dengan sejumlah pejabat.

Sebelumnya, Jokowi-Prabowo bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta pukul 10.07 WIB. Keduanya kemudian naik MRT menuju ke Stasiun MRT Senayan.

Sesampai di Senayan, mereka berpelukan dan berekonsiliasi.

Jokowi-Prabowo kemudian berjalan kaki dari Stasiun MRT Senayan menuju ke FX Sudirman.

We Love You

Prabowo memberikan tanda hormat saat Jokowi tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Sabtu (13/7/2019). (Istimewa)

Warga pun antusias menyambut pertemuan keduanya. Mereka bahkan berusaha mendekat saat Jokowi dan Prabowo berjalan menuju FX Sudirman.

Mereka mengikuti Jokowi dan Prabowo sambil berteriak memanggil nama keduanya.

Warga juga bergandengan tangan sembari meneriakkan kalimat, "We love you" untuk keduanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Beri Suntikan Semangat Atlet Muay Thai untuk Berjaya di Sea Games 2019

Posted: 12 Jul 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meninjau Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Sea Games 2019 cabang Olahraga (Cabor) Beladiri Muay Thai di Rizen Kedaton Resort, Jl. Lodaya, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/7) siang. Turut mendampingi Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Yuni Poerwanti dan Ketua Umum Muay Thai Indonesia (MI) Sudirman 

Setibanya di Pelatnas Muay Thai, Menpora disambut dengan upacara penyambutan dan langsung menyaksikan para atlet berlatih sekaligus ikut mencoba beberapa peralatan latihan para atlet. Dengan menggunakan sarung tinju Muay Thai, Menpora pun berlaga seperti atlet Muay Thai. Pukulan-pukulan yang diarahkan pelatih Muay Thai begitu keras.

Pada kesempatan itu, Menpora menekankan agar para atlet menyiapkan diri menyongsong Sea Games 2019.

"Saya meminta kepada para atlet untuk menyiapkan diri untuk Sea Games 2019 di Filipina. Dan ini akan menjadi kabar baik bangsa Indonesia bahwa kalian sekarang sedang berlatih untuk memberikan terbaik bagi merah putih. Doa dan dukungan masyarakat amat sangat penting bagi keteguhan hati mereka," jelasnya.

Ia pun mengaku senang bisa melihat langsung para atlet Muay Thai berlatih.

"Hari ini saya senang bisa melihat langsung para atlet muay thai berlatih. Kalian adalah pejuang-pejuang merah putih yang terus berlatih dengan mengorbankan segalanya demi sebuah martabat bagi bangsa Indonesia," ujar Menpora di Rizen Kedaton Resort, Jl. Lodaya, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/7) siang.

Ia melanjutkan, mengawal sebuah cita-cita besar tidaklah mudah apalagi cabor muay thai belum menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Karenanya, ke depan muaythai ini harus menjadi pilihan anak muda Indonesia.

"Karena itu, kalian berjuang bukan untuk diri kalian sendiri atau untuk keluarga kalian sendiri. Tapi lebih dari pada itu, kalian harus berjuang untuk masa depan muay thai di Indonesia agar dapat berkembang dan digemari jutaan anak muda Indonesia," tambahnya.

Menurutnya, pejuang-pejuang olahraga adalah orang yang dihargai dan dihormati dimanapun berada.

"Bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan bila ada dua peristiwa penting, yaitu saat kunjungan Presiden ke sebuah negara dan saat atlet menjadi juara," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Muay Thai Indonesia (MI) Sudirman mengatakan ada 11 atlet yang akan diberangkat ke Sea Gemes 2019 di Filipina.

Pelatnas Sea Games 2019 sudah dimulai pada bulan Februari 2019. Dan pada saat itu, kami kumpulkan sebanyak 35 atlet, kemudian kita terus evaluasi dan sekarang ada 12 atlet. Dari 12 atlet ini yang akan diberangkat sebanyak 11 atlet untuk bertanding di Sea Games 2019. Berarti kami harus mendegradasi satu orang lagi," ujar Sudirman.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Pertemuan Kang Mas Joko Widodo dan Mas Bowo Layak Dicontoh

Posted: 12 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono menyambut hangat pertemuan antara presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dengan lawan politiknya, Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus pada pagi hari ini, Sabtu (13/7/2019).

Menurutnya, pertemuan ini adalah harapan seluruh masyarakat.

"Pertemuan Kang Mas Joko Widodo sama Mas Bowo itu silaturahmi kedua tokoh yang sangat diinginkan masyarakat Indonesia," ujar Arief melalui sebuah pernyataan tertulis, Sabtu (13/7/2019).

"Ini juga namanya silaturahmi antarsahabat yang kemarin saling bertanding," lanjutnya. 

Dia berharap, silaturahmi ini juga dapat menjadi simbol persatuan bagi kedua sisi pendukung. Arief meminta, para pendukung sebaiknya juga mencontoh silaturahmi yang dilakukan oleh Jokowi-Prabowo.

Sebab, masyarakat Indonesia tentunya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memajukan Indonesia.

"Pertemuan ini sekaligus menutup buku cerita pesta demokrasi Indonesia kita yang diakhiri dengan everybody happy yang nantinya bisa menjadi bahan bacaan bagi generasi berikutnya," dia mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN: Pertemuan Jokowi-Prabowo Tepis Isu Liar di Masyarakat

Posted: 12 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Verry Surya Hendrawan menyambut hangat pertemuan antara Jokowi dengan lawan politiknya, Prabowo Subianto yang dilangsungkan pagi hari ini, Sabtu (13/7/2019) di Stasiun MRT Lebak Bulus.

Verry menilai, silaturahmi ini juga dapat menepis berbagai isu liar yang disebar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Misalnya, yang menyatakan bahwa pendukung 02 yang menginginkan pertemuan berarti meminta jabatan atau posisi di pemerintahan," tutur Verry melalui sebuah pernyataan tertulis, Sabtu (13/7/2019). 

"Serta (rumor) pendukung 01 yang menginginkan pertemuan adalah untuk memperoleh justifikasi atas  kecurangan. Fitnah-fitnah seperti ini harus bersama-bersatu kita lawan. Toh silaturahmi adalah bagian dari budaya luhur bangsa kita dan sesuai dengan ajaran agama," lanjutnya. 

Dia berharap, dengan ini masyarakat dapat kembali bersatu setelah melihat Jokowi dan Prabowo telah bergandengan tangan dan melakukan rekonsiliasi. 

 

Jadi Teladan

Verry pun meminta agar pendukung dari kedua sisi dapat bersama-sama hadir dalam acara Visi Indonesia yang akan diadakan di Sentul pada Minggu, 14 Juli 2019.

Hal ini guna semakin mengukuhkan persatuan di antara masyarakat.

"Mari kita berdoa agar kedua tokoh bangsa yang memberikan teladan baik ini selalu sehat, dan bergandeng tangan dalam membangun bangsa ini ke depan. Sesungguhnya, inilah makna dari keduanya berada di MRT, untuk meluncur bersama dalam kendaraan besar yaitu Indonesia: Indonesia Maju menuju Adil dan Makmur."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fans Inter Milan Minta Nainggolan Bertahan

Posted: 12 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Fans Inter Milan mengunjungi tempat latihan klub untuk memberi dukungan kepada Radja Nainggolan. Mereka meminta manajemen untuk mempertahankan gelandang asal Belgia tersebut.

Antonio Conte telah menyebutkan kalau ia tidak menginginkan Radja Nainggolan dan Mauro Icardi dalam skuatnya. Hal itu membuat manajemen berencana menjual dua pemain tersebut.

Icardi dikaitkan dengan Juventus. Namun, Inter Milan belum mendapatkan penawaran dari klub tersebut.

Radja Nainggolan menarik minat klub asal China. Inter Milan disebut sudah membuka pintu negosiasi dengan klub China yang dimaksud.

Namun, suporter Inter Milan melakukan aksi agar manajemen mengubah pendiriannya. Mereka berani melayangkan protes ke Antonio Conte yang sengaja mengadakan sesi latihan tertutup.

"Kami ingin Radja bertahan di Inter Milan!" terik suporter yang berada di area latihan klub.

Aksi tersebut diharapkan dapat membuat klub mempertahankan Nainggolan yang baru bergabung pada musim panas 2018 dari AS Roma. Inter Milan memboyong Nainggolan dengan total nilai mencapai sebesar 40 juta euro karena menyerahkan dua pemainnya, Nicolo Zaniolo dan David Santon.

Ingin Bertahan di Italia

Radja Nainggolan. (AFP/Marco Bertorelli)

Radja Nainggolan menyuarakan keinginannya untuk bertahan di Italia. Hal itu dkonfirmasi setelah istrinya didiagnosa menderita kanker.

Nainggolan tidak mau berada jauh dari istrinya yang akan menjalani terapi di Italia. Hal itu membuatnya meminta manajemen Inter Milan untuk dipertahankan.

Gelandang berusia 30 tahun itu merupakan pemain yang diminta Luciano Spalletti pada musim panas 2018. Namun, Spalletti telah kehilangan pekerjannya di Nerazzurri.

Sumber: Football Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Janji Bantu Jokowi: Tapi Maaf Kalau Sekali-kali Kami Kritik

Posted: 12 Jul 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto berjanji membantu Jokowi dalam memajukan Bangsa Indonesia. Sebab, saat ini, bukan lagi saatnya untuk polarisasi.

Terlebih, Prabowo mengerti, Presiden memikul tanggung jawab yang besar untuk memajukan bangsa.

"Kita siap membantu untuk kepentingan rakyat," kata Prabowo saat bertemu Jokowi, di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Namun, dia juga mengaku,  tak akan segan-segan mengkritik Jokowi demi Indonesia Raya. 

"Tapi kami juga minta maaf kalau kami mengkritisi sekali-sekali pak. Kan demokrasi butuh check and balance," lanjut Prabowo.

 

 

Bersahabat

Di Gerbong MRT, Jokowi dan Prabowo Tampak Berbincang Serius

Pada pertemuan tersebut, Jokowi maupun Prabowo mengaku bersahabat baik. Oleh karena itu, keduanya meminta agar para pendukungnya juga bersatu dan bergandengan tangan.

"Jadi saudara-saudara, tadi dikatakan oleh beliau, kita bersahabat dan berkawan, memang kenyataannya seperti itu," ujar Prabowo.

Menurut dia, jika keduanya bersaing dan saling kritik, itu adalah tuntutan politik. Namun, sesudah berkompetisi, Prabowo dan Jokowi tetaplah anak Bangsa Indonesia.

"Tapi sesudah berkompetisi sudah bertarung dengan keras, kadang-kadang. Tapi kita tetap dalam kerangka keluarga besar Republik Indonesia. Kita sama-sama anak bangsa. Kita sama-sama patriot, kita sama-sama ingin berbuat baik untuk rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Dia kemudian meminta agar pendukungnya dan Jokowi kembali bersatu.

"Sudahlah enggak ada cebong-cebong, enggak ada kampret-kampret. Semuanya merah putih," lanjut Prabowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sektor Migas Masih Defisit, Ini Alasan Kementerian ESDM

Posted: 12 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, neraca perdagangan di sektor minyak dan gas (migas) sepanjang Januari-Mei 2019 masih mengalami defisit USD 3,74 miliar, dimana total nilai ekspornya yang sebesar USD 5,34 miliar masih lebih kecil dibanding jumlah impor migas sebanyak USD 9,08 miliar.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar tak menyangkal fakta defisit perdagangan di sektor migas tersebut. Namun, ia beralasan, negara saat ini cenderung memakai produk migas untuk konsumsi di dalam negeri ketimbang mengekspornya.

"Kita akui migas defisit, iya, karena gasnya kita gunakan untuk dalam negeri. Sudah 60 persen gas tuh digunakan di dalam negeri," ujar dia di Jakarta, seperti dikutip Sabtu (13/7/2019).

Menurutnya, keberadaan gas saat ini telah lebih dimanfaatkan untuk mendorong gerak ekspor industri non migas di Tanah Air. Seperti dalam produksi petrochemical, pupuk, hingga tenaga kelistrikan.

"Kalau ekspor gas kita makin lama makin berkurang, maka defisit migasnya akan bertambah. Tetapi kalau hasil dari berubahnya gas menjadi petrochemical, menjadi pupuk, dan lain-lain, dan itu diekspor, kategorinya masuk non migas," tuturnya.

 

Sebagai Penggerak Ekonomi Industri

Pekerja merawat jaringan pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jakarta, Rabu (21/9/2016). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Arcandra menyatakan, sektor migas, khususnya gas kini telah dipakai untuk penggerak ekonomi dalam negeri dan membangun industri-industri baru. Jika masuk ke ranah ekspor, maka secara barang akan menjadi produk non migas.

"Kalau berubah wujud dan semakin banyak industri tumbuh dengan adanya gas, maka defisit migas makin besar karena ekspor sudah enggak ada. Tetapi surplus non migas makin meningkat karena kontribusi dari gas," ungkapnya.

"Makanya, sebaiknya, kita menyarankan bahwa melihatnya jangan sektoral lagi. Karena gas itu bukan lagi bahan baku yang diekspor semisal LNG (Liquefied Natural Gas), bukan. Dia berubah wujud, wujudnya itu menghasilkan devisa, tapi menjadi non migas," dia menandaskan.

Impor Migas Tinggi, Jokowi Tegur Menteri Jonan dan Rini Soemarno

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/4). Sidang membahas ketersediaan anggaran dan pagu indikatif serta prioritas nasional tahun 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla, memimpin sidang kabinet paripurna. Jokowi menyebut bahwa ekspor Indonesia dari Januari hingga Mei 2019 mengalami penurunan sebesar 8,6 persen dengan nilai 68,46 miliar dolar AS.

"Impor Januari-Mei 2019, juga turun 9,2 persen. Hati-hati terhadap ini, artinya neraca perdagangan kita Januari-Mei ada defisit USD 2,14 miliar," ucap Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (8/7/2019).

Jokowi lantas menegur Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno terkait besarnya impor minyak dan gas (migas) yang mencapai USD 2,09 miliar pada Mei 2019. Dia meminta agar dua menteri tersebut lebih memperhatikan nilai impor yang sangat tinggi akibat pembelian migas.

"Hati-hati di migas Pak Menteri ESDM yang berkaitan dengan ini. Bu Menteri BUMN yang berkaitan dengan ini, karena ratenya yang paling banyak ada di situ," ujar dia.

Kendati begitu, Jokowi menilai masih ada peluang untuk meningkatkan ekspor ditengah-tengah perang dagang Amerika-China. Menurut dia, perang dagang tersebut bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menaikkan kapasitas dari pabrik dan industri yang ada.

"Saya sampaikan maupun pasar-pasar yang baru, sekali lagi ini peluang, tekstil itu peluang. Gede-gede sekali furniture itu peluang," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Inilah yang selalu kita kalah memanfaatkan peluang, ada oppurtunity tidak bisa kita ambil karena insentif-insentif itu tidak kita berikan," sambung Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Panjat Tebing Alfian M Fajri Raih Gelar Juara Dunia di Prancis

Posted: 12 Jul 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira datang dari Chamonix, Prancis. Atlet pelatnas panjat tebing Alfian M Fajri kembali meraih juara dunia dari nomor speed world record. Kali ini medali emas diraih dari IFSC Worldcup Chamonix, Prancis, Jumat (9/7/2019).

Alfian berhasil menjadi yang tercepat setelah mengalahkan atlet panjat tebing asal Tiongkok, Zhong Qixin. Atlet asal Solo, Jawa Tengah, ini menorehkan catatan waktu 5,764 detik, sedangkan Zhong Qixin 6,382 detik.

Alfian mengaku, kunci kemenangannya adalah ketenangan. Saat mampu menguasai diri dan fokus, dia berhasil menjadi yang terbaik.

"Saya merasa semakin tenang dalam menghadapi tekanan," ujar Alfian di sela persiapan upacara penyerahan medali di Chamonix, Prancis.

Untuk medali perunggu diraih oleh Vladislav Deulin dengan catatan waktu 6,057 detik. Deulin unggul setelah lawannya asal Ukraina, Danyil Boldyrev, mengalami fall.

"Di era speed, ini pertama kalinya kita juara dunia di Eropa," ujar Manager Timnas Panjat Tebing Pristiawan Buntoro.

Gagal

Atlet Pelatnas Alfian M Fajri kembali meraih juara dunia dari nomor speed di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Chamonix, Prancis

Selain Alfian, Aspar Jaelolo juga lolos ke putaran final. Hanya saja dia gagal melaju ke perempat final.

Sementara itu di nomor speed putri, Aries Susanti Rahayu dan Nurul Iqamah juga berhasil lolos ke putaran final. Aries gagal di perebutan perunggu, sedangkan Nurul gagal di melaju ke perempat final.

Di tahun 2018, Alfian juga pernah meraih juara dunia di IFSC Worldcup Chongqing, China, pada November 2018. Kala itu Alfian menorehkan catatan waktu 5,970 detik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Santap Siang di FX Sudirman, Jokowi-Prabowo Jalan Kaki dari Stasiun MRT Senayan

Posted: 12 Jul 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi dan capres Prabowo Subianto menuju pusat perbelanjaan FX Sudirman untuk makan siang. Keduanya berjalan kaki dari Stasiun MRT Senayan, Sabtu (13/7/2019).

Warga pun berusaha mendekat saat Jokowi dan Prabowo berjalan menuju FX Sudirman. Mereka mengikuti Jokowi dan Prabowo sambil berteriak memanggil nama keduanya.

"We love you Pak. Pak Jokowi, Pak Prabowo," teriak warga yang mengikuti dari mulai Stasiun MRT Senayan hingga FX Sudirman.

Selain meneriakkan nama keduanya, banyak juga warga yang mengabadikan peristiwa tersebut dengan kamera ponsel.

Baik Jokowi, Prabowo, dan rombongan kedua belah pihak yang berkompetisi di Pilpres 2019 saat ini  telah berada di restoran untuk santap siang.

 

Prabowo Ucapkan Selamat

Prabowo Subianto mengucapkan selamat kepada Jokowi yang telah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum. Prabowo mengatakan, ia memang sengaja ingin mengucapkan selamat secara langsung ke Jokowi.

"Banyak yang bertanya. Pak Prabowo belum mengucapkan selamat ke Pak Jokowi. Saya katakan bagaimana saya ini ada ewuh-pekewuh, tata krama. Ucapkan selamat maunya langsung, tatap muka. Jadi saya ucapkan, 'selamat, Pak'," kata Prabowo sambil menjabat tangan Jokowi, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Dia kemudian mengucapkan selamat bekerja kepada Jokowi.  "Jadi saya ucapkan selamat bekerja," ujar Prabowo.

"Saya juga ucapkan, selamat tambah rambut putih, Pak," lanjut dia.

Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, pukul 10.00 WIB, Sabtu (13/7/2019). Keduanya kemudian naik MRT menuju Stasiun MRT Senayan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Berharap Kehangatannya dengan Prabowo Ditiru Para Pendukung

Posted: 12 Jul 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu dengan lawan politiknya, Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus. Mereka tampak berbincang serius, namun hangat, saat duduk bersebelahan di dalam gerbong MRT.

Jokowi menyatakan, dia berharap masyarakat dapat semakin bersatu setelah dirinya dan Prabowo bertemu.

"Sudah melihat para pemimpinnya bergandengan, mestinya pendukungnya bergandengan semuanya," ujar Jokowi di lokasi, Sabtu (13/7/2019).

Prabowo pun setuju dengan pernyataan Jokowi. Dia menilai, masyarakat tidak boleh lagi berseteru sebab Pilpres sudah lewat.

"Saya setuju, enggak ada cebong-cebong, enggak ada kampret-kampret, semuanya merah putih," tegas Prabowo.

Turut hadir dalam pertemuan itu yakni Seskab Pramono Anung, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Ketua TKN Erick Tohir.

 

Tidak Ada Lagi Cebong-Kampret

Jokowi menegaskan, pertemuan itu sekaligus menegaskan tidak ada lagi polarisasi dukung mendukung calon presiden dan wakul presiden.

"Saya berharap para pendukung melakukan hal sama. Tidak ada agi 01, tidak ada lagi 02, tidak ada lagi yang namanya cebong, tidak ada lagi namanya kampret. yang ada Garuda Pancasila," kata Jokowi.

Senada dengan Jokowi, Prabowo menegaskan tidak ada lagi rivalitas antar pendukung usai pertemuan keduanya.

"Sudahlah, enggak ada cebong-cebong, enggak ada kampret kampret, semuanya merah putih," tegas Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Wafat, 41.087 Jemaah Haji Sudah Berada di Madinah

Posted: 12 Jul 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Sebanyak 41.087 jemaah haji Indonesia tercatat telah berada di Madinah, Arab Saudi. Sementara jumlah petugas tercatat mencapai 505 orang. 

Kedatangan para jemaah ke Madinah untuk melaksanakan salat 40 waktu (Arbain), yang merupakan rangkaian ibadah sunah dari pelaksanaan ibadah haji.

Ini merupakan data terbaru dari Siskohat Kementerian Agama, hingga Sabtu (13/7/2019), pukul 07.15 Waktu Arab Saudi (WAS). "Tercatat 4 sudah wafat," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Bandara, Ambari Julianto di Madinah.

Jumlah jemaah tersebut berasal dari 101 kloter dari seluruh embarkasi di Indonesia. Embarkasi tersebut, antara lain Jakarta, Surabaya, Ujung Pandang, Solo, Batam, Palembang, Padang, Medan dan lainnya. 

Adapun 4 jemaah yang telah menghembuskan nafas terakhir yakni, Sumiyatun bin Sawi, Khairil Abbas bin Salim, Mudjahid Damanhuri Mangun dan Artapiah Armin Musahab.

Pada tahun ini, Indonesia kebagian kuota haji sebesar 221 ribu, terdiri atas 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Kemudian ada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi sebesar 10 ribu jemaah.

Indonesia merupakan negara terbanyak mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci setiap tahunnya dibandingkan dengan negara lain.

 

Mulai 14 Juli, Jemaah Haji Madinah Bergerak ke Makkah

Jemaah haji Indonesia akan naik ke atas bus. Foto: Darmawan/MCH

Jemaah haji Indonesia yang masuk dalam gelombang pertama sudah hampir sepekan berada di Madinah. Rencananya, jemaah haji dari Madinah mulai diberangkatkan ke Mekkah pada Minggu 14 Juli, 2019 melalui jalan darat.

Adapun jemaah yang tiba awal di Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, pada Sabtu (6/7/2019), berasal dari Embarkasi Surabaya dan Batam, masing-masing sebanyak 2 kloter. 

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Akhmad Jauhari menuturkan, jemaah pertama yang diberangkatkan ke Mekkah adalah yang pertama kali tiba di Madinah.

"Persiapan selanjutnya adalah penyiapan dokumen, dokumen (paspor-red) yang selama ini disimpan oleh muassasah," kata Jauhari di kantor Daker Madinah, seperti dikutip Jumat (12/7/2019).

Jemaah diberangkatkan karena telah menyelesaikan salat Arbain (40 waktu) di Masjid Nabawi dan berkunjung ke situs-situs sejarah Islam seperti Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud.

Dia menjelaskan, sejak H-3 pemberangkatan harus dilakukan pemeriksaan dokumen jemaah haji di kantor Muassasah Adillah oleh para ketua kloter, dan didampingi PPIH. Hal ini agar seluruh dokumen jemaah haji sudah lengkap dan dikelompokkan sesuai rombongan.

"Jika ada satu jemaah yang dokumennya belum siap maka jemaah itu tidak bisa diberangkatkan pada hari tersebut," jelas dia.

Selain memeriksa dokumen jemaah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga berkoodinasi dengan pihak naqobah (organda Arab Saudi) terkait transportasi pemindahan jamaah ke Mekkah. Selain itu juga berkoordinasi dengan Daerah Kerja (Daker) Mekkah untuk penerimaan jemaah.

Tonton Video Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Bonus Demografi, Kementan Gencar Modernisasi Pertanian dan Tingkatkan Kualitas SDM

Posted: 12 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) terus menyiapkan sarana dan prasarana menghadapi bonus demografi yang diperkirakan mencapai 64 persen. Pasalnya, bonus ini akan menghadirkan besarnya komposisi usia produktif ketimbang usia non produktif.

"Karena itu, kami terus membuat kebijakan dan program terobosan seperti mentransformasi pertanian tradisional menjadi modern serta meningkatkan kualitas SDM," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan, Ketut Kariyasa, Jumat (12/7).

Kariyasa mengatakan, melalui modernisasi sektor pertanian menjadi menarik karena serba teknologi dan digital. Terobosan ini juga diharapkan membuka mata anak muda untuk terjun langsung ke sektor pertanian.

"Apalagi sejak tahun 2014, Kementan telah mendistribusikan bantuan alat mesin pertanian dalam jumlah besar, yakni lebih dari 400 ribu unit," katanya.

Kariyasa mengatakan, seluruh bantuan terbukti telah memberi manfaat besar, terlebih untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Namun disisi lain, bantuan dan bonus itu dapat memberi ancaman jika tidak dikelola dengan baik.

"Terutama dari aspek penyediaan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan SDM," katanya.

Melalui modernisasi, kata Kariyasa, generasi muda akan merasa bangga karena sektor pertanian mampu memberikan pendapatan yang tidak kalah besar dengan upah seorang pegawai lain. Pertanian juga tidak melulu bergelut dengan lumpur dan terpaan sinar matahari.

 

Sumber Foto: Humas Kementerian Pertanian RI.

"Cara bekerja pertanian tidak lagi mengandalkan otot yang sangat meletihkan. Tapi, di era ini, pertanian sudah menggunakan alsintan," katanya.

Di samping itu, pemanfaatan alsintan berdampak besar pada nilai ekonomi petani hingga 80 persen, kemudian menghemat biaya produksi hingga 31 persen dan meningkatkan produktivitas hingga 33 persen.

Pada saat yang sama, Kementan juga terus berupaya meningkatkan kualitas dan keterampilan SDM, khususnya para petani milenial dengan membangun 10 Polbangtan sebagai wahana pencetakan pengusaha muda.

"Untuk mewujudkan Polbangtan yang berkelas dunia, kualitas materi dan metode pengajarannya pun terus diperbaiki dan disesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan jaman," katanya.

Sekedar diketahui, minat anak muda pada bidang pertanian cukup besar. Ini terlihat dari pelamar Polbangtan yang membludak dan meningkat sampai 1.238 persen, di mana angka tersebut awalnya hanya 980 orang menjadi 13.111 orang pada tahun 2018.

 

Sumber Foto: Humas Kementerian Pertanian RI.

"Kami juga melibatkan sarjana pertanian sebagai pendamping penyuluhan pertanian dalam Program UPSUS, membentuk Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) dan membangun wirausaha seperti start up muda pada Taman Sain Pertanian (TSP) dan Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia," tukasnya.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Luthfi Fatah mendukung upaya pemerintah dalam mentransfomasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern. Kata dia, langkah tersebut sangat tepat untuk mempengaruhi minat anak muda agar terjun langsung ke sektor pertanian.

"Makanya bonus demografi ini adalah peluang yang sangat bagus jika dibarengi dengan pengelolaan sumber daya manusianya. Dalam hal ini, programnya pak Menteri (Amran Sulaiman) soal mekanisasi sangat bagus dan membuka mata anak muda," katanya.

Meski demikian, Luthfi menambahkan bahwa mekanisasi yang ada harus diikuti dengan inovasi baru untuk membangkitkan jiwa usaha anak muda.

"Sebab kalau dari riset yang kami kembangkan jiwa usaha anak muda sekarang sangat kurang. Makanya harus terus dikembangkan supaya mereka bangkit," tukasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Bertemu, Jokowi dan Prabowo Bakal Berkoalisi?

Posted: 12 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Jokowi pun mengaku akan merundingkan soal koalisi dengan Prabowo dengan para partai pendukung.

"Mengenai koalisi saya harus ngomong apa adanya, saya harus merundingkan, mendiskusikan dengan sahabat saya di Koalisi Indonesia kerja," kata Jokowi di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Jokowi juga yakin Prabowo akan mendiskusikan dengan para relawan dan partai pendukung.

"Saya kira Pak Prabowo juga melakukan hal yang sama, saya kira diskusikan dengan relawan juga," ujar dia.

Jokowi pun meminta agar para pendukungnya bergandengan tangan pasca-rekonsiliasi ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat Terowongan Ini, Keluarga Palestina Bisa Melintasi Tembok Pemisah Israel

Posted: 12 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Ramallah - Rumah seorang keluarga Palestina bernama Hajajla sangat unik. Bangunan itu terpotong dari batas desa mereka, dengan hanya dihubungkan oleh sebuah terowongan.

Sayang, hal itu bukan serta merta tanpa masalah. Keadaan mereka menjadi perhatian publik, saat Israel mengunci gerbang yang mengarah ke terowongan penghubung rumah. Karena salah satu sisi mengarah ke Al-Walajah, wilayah di Tepi Barat yang diduduki.

Selama lebih dari seminggu, warga Palestina Mohammed Hajajla yang berusia 10 tahun harus berjalan enam kilometer di bawah terik matahari. Hal itu untuk menempuh perjalanan ke sekolah karena penutupan itu, mengutip VOA Indonesia, Sabtu (13/7/2019).

Pihak berwenang Israel mengatakan, penutupan dilakukan karena keluarga Palestina itu diduga mengizinkan penyeberangan ilegal ke Yerusalem dari Tepi Barat melalui terowongan buatan Israel.

Keluarga itu menyangkal dan mengatakan itu adalah contoh pelecehan dari otoritas Israel yang telah mereka alami selama bertahun-tahun.

"Saya tidak akan tunduk. Saya tidak akan patah semangat," kata bapak dari keluarga itu, Omar Hajajla.

Rumah bata itu terletak di sebuah bukit, di seberang lembah dari pemukiman Israel Gilo di pinggiran Yerusalem.

Masalah yang mereka hadapi berawal pada 2010, ketika pembangunan tembok pemisahan Israel yang memotong Tepi Barat itu mencapai daerah mereka.

Israel Akan Perluas Kedaulatan hingga Tepi Barat?

Suasana bandara Yasser Arafa International yang hancur dan sepi di Jalur Gaza, di kota Rafah, Palestina (24/6/2019). Bandara ini kini tinggal reruntuhan akibat serangan Israel. (AFP Photo/Said Khatib)

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada April lalu pernah memberikan pernyataan kontroversial. Ia mengumumkan akan memperluas kedaulatan Israel atas pemukiman di wilayah Tepi Barat (West Bank) jika kembali terpilih dalam pemilu.

Ia juga mengatakan negara Palestina tidak akan pernah terbentuk.

"Itu tidak akan pernah terjadi," kata Netanyahu dalam sebuah wawancara pra-pemilu dengan media lokal Israel berbahasa Ibrani, Arutz 7.

Netanyahu menegaskan bahwa ia juga akan "mempertahankan Yerusalem," sebagaimana dikutip dari Sputnik News. Mengingat Yerusalem dianggap oleh rakyat Palestina sebagai ibu kota masa depannya.

"Saya akan mempertahankan kendali Israel di seluruh wilayah barat Sungai Yordan," lanjutnya.

Pernyataan kontroversial tersebut muncul setelah sang PM Israel berencana akan menganeksasi sebagian wilayah pasca pemilihan umum 9 April 2019. Hal itu dikatakan Netanyahu dalam sebuah wawancara di TV Israel.

"Anda bertanya apakah kami pindah ke tahap berikutnya - jawabannya adalah ya, kami akan pindah ke tahap berikutnya," katanya, seperti dilansir BBC.

"Saya akan memperluas kedaulatan (Israel) dan saya tidak membedakan antara blok pemukiman dan pemukiman terisolasi."

Seorang juru bicara untuk pemimpin Palestina Mahmoud Abbas merespons: "Segala tindakan dan pengumuman tidak akan mengubah fakta. Pemukiman itu ilegal dan mereka akan dihapus."

 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Bupati Bandung Barat Abubakar Berpulang Saat Jalani Hukuman

Posted: 12 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Mantan Bupati Bandung Barat sekaligus terpidana kasus suap, Abubakar tutup usia di Rumah Sakit Borromeus, Kota Bandung, Sabtu (13/7/2019) pukul 00.10 WIB. Abubakar meninggal saat menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin.

Kabar wafatnya Abubakar dibenarkan pengacaranya, Iman Nurhaeman. "Iya betul, saya lagi di rumah duka sekarang," kata Iman.

Menurut Iman, politisi dari partai PDIP itu sering keluar masuk rumah sakit dengan izin lapas selama ditahan di Lapas Sukamiskin. Abubakar diketahui menderita sakit kanker darah.

"Jadi waktu itu sedang kita upayakan berobat ke luar negeri tapi proses berjalan, diajukan Senin kemarin. Rencana pengobatan dulu di Singapura karena dulunya diperiksa dokter di sana," kata Iman.

Terkait proses hukum yang tengah dijalani Abubakar, Iman menyatakan hal itu secara otomatis gugur.

"Sesuai Undang Undang, artinya tidak menjalankan. Otomatis gugur otomatis saja," ujarnya.

Abubakar adalah bupati pertama Kabupaten Bandung Barat, menjabat pada 2008-2013 dan 2013-2018.

Sebelumnya, dia divonis lima tahun penjara dan enam bulan oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bandung, pada Desember 2018 lalu karena kasus suap.

Dia ditetapkan tersangka oleh KPK atas kasus dugaan suap pada Rabu 11 April 2018 lalu.

Abubakar diduga menerima uang suap dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bandung Barat Asep Hikayat, yang juga tersangka dalam kasus ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jenazah Abu Bakar akan dibawa ke kediamannya di Lembang, Bandung dan disalatkan di Masjid Besar Lembang pukul 09.00 WIB. Pada jam 10.00 WIB jenazah akan dimakamkan di Pemakaman Kota Mas Cimahi.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Dereta Chat Kocak Kurir dengan Pelanggan

Posted: 12 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online sudah menjadi hal yang sudah biasa dilakukan bagi semua kalangan. Apalagi saat ini sudah marak toko-toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan. Tentu dengan belanja online kita bisa menghemat waktu serta tenaga.

Biasanya barang yang kita pesan akan diantarkan dengan menggunakan jasa kurir, sudah tentu alamat si pembeli harus ditulis lengkap. Bila tidak, barang yang dipesan tidak akan sampai di tujuan.

Artikel tentang isi chat kurir dengan pelanggan yang bikin kesal sendiri menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni potret bocah saat kena apes bikin tak berhenti tertawa.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah chat lucu kakak adik yang bikin kesal.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 4 Isi Chat Kurir dengan Pelanggan Ini Bikin Kesal Sendiri

Doc: Twitter.com/@saraswtt

Kemudahan berbelanja online seringkali tidak berbanding lurus dengan pengetahuan para pembeli. Tak heran, sering terjadi kesalahan informasi antara pembeli dengan penjual yang berujung dengan salah satu merasa pihak merasa tidak puas.

Selengkapnya...

2. 7 Potret Bocah Saat Kena Apes, Bikin Tak Berhenti Tertawa

foto: berbagai sumber

Selain sekolah, anak-anak sering menghabiskan waktunya untuk bermain. Ada begitu banyak hal yang bisa anak-anak lakukan ketika bermain bersama teman-teman mereka. Namun, tak jarang dari mereka yang mengalami hal tak mengenakan ketika bermain.

Selengkapnya...

3. Punya Saudara Juga Bisa Menyebalkan, 7 Chat Lucu Kakak Adik Ini Buktinya

Doc: Instagram.com

Punya saudara memang menyenangkan dan bisa buat harimu makin berwarna. Setidaknya, kakak atau adik bisa kamu ajak seru-seruan saat teman tak bisa.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pramusim MU: Bek Perth Glory Tidak Sabar Hadapi Klub Idola

Posted: 12 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Perth - Bek Perth Glory Shane Lowry tidak sabar menjajal Manchester United (MU) pada laga uji coba di Optus Stadium, Sabtu (13/7/2019). Pasalnya, dia tumbuh mendukung The Red Devils.

"Pertandingan nanti bakal menjadi pertunjukan fantastis bagi pendukung tim dan juga masyarakat Perth," kata Lowry, dilansir situs resmi MU.

"Kami bakal berusaha keras memenangkan pertandingan. Saya yakin mereka juga memiliki target sama," sambung sosok yang menimba ilmu di akademi Aston Villa tersebut.

Lowry mengaku memiliki berbagai pernik MU ketika masih kecil, termasuk poster di dekat tempat tidur. Dia bahkan mendapat jersey setiap tahun dari sang paman.

Sebagai pemain belakang, sosok berusia 30 tahun itu mengaku mengidolai Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. "Mereka adalah salah satu duet bek terbaik sepanjang sejarah," katanya.

Incar Foto Ashley Young

Ashley Young. (AFP/Paul ELlis)

Lowry hanya tiga kali membela tim utama Aston Villa. Dia dipinjamkan ke empat klub sebelum pindah permanen ke Millwall pada 2012.

Sempat membela Leyton Orient dan Birmingham City, Lowry menerima pinangan Perth Glory tahun 2015. "Saya berada di Villa bersama Ashley Young (kapten MU). Mungkin saya bakal mendatanginya sebelum laga dan berfoto bersama," ungkapnya.

Pramusim MU

Laga melawan Perth Glory merupakan uji coba pertama MU pada pramusim 2019/2020. Selanjutnya mereka menghadapi Leeds United, Rabu (17/7/2019), sebelum bertolak ke Singapura dan Tiongkok.

 

Jadwal Pramusim MU:

 

Sabtu 13 Juli 2019

Manchester United vs Perth Glory

Rabu 17 Juli 2019

Manchester United vs Leeds United

Sabtu 20 Juli 2019

Manchester United vs Inter Milan

Kamis 25 Juli 2019

Tottenham Hotspur vs Manchester United

Rabu 31 Juli 2019

Kristiansund vs Manchester United

Sabtu, 3 Agustus 2019

MU v AC Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rey Utami dan Pablo Benua Ajukan Penangguhan Penahanan

Posted: 12 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rey Utami dan suaminya, Pablo Benua, resmi ditahan atas kasus dugaan pencemaran nama baik melalui ITE. Keduanya ditahan di Rutan Polda Metro Jaya hingga 20 hari ke depan.

Pengacara Rey Utami dan Pablo Benua telah mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan. Hal itu lantaran Rey dan Pablo masih memiliki anak usia balita.

"Sudah diajukan suratnya," ungkap Farhat Abbas saat dihubungi Liputan6.com melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat (12/7/2019).

Namun begitu, Farhat Abbas belum bisa menyebut siapa yang akan menjadi penjamin atas penangguhan penahanan Rey Utami dan Pablo Benua.

Ancaman 6 Tahun

Rey Utami dan Galih Ginanjar dalam seragam tahanan (Zulfa Ayu Sundari)

Rey Utami dan Pablo Benua disangkakan dengan pasal 27 ayat 1, pasal 27 ayat 3 dan pasal 45 ayat 1 kemudian. Kemudian kenakan pasal 310 dan 311 KUHP UU ITE. Ancaman hukumannya adalah enam tahun penjara.

Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis (11/7/2019) dini hari. Setelah menjalani pemeriksaan lebih dari 10 jam sebagai tersangka, keduanya juga langsung ditahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Penyakit Sepele, Virus Influenza Bisa Timbulkan Komplikasi Berbahaya

Posted: 12 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit influenza mungkin dianggap sepele, tapi virus influenza dapat menimbulkan komplikasi berbahaya. Berdasarkan data Vaccines against influenza WHO position paper, komplikasi akibat influenza dapat terjadi pada kelompok berisiko tinggi, yaitu anak-anak, orang lanjut usia (lansia) di atas 65 tahun, individu dengan penyakit kronis, dan ibu hamil.

"Komplikasi akibat influenza dapat berupa radang paru, infeksi telinga, dan sinus. Influenza juga dapat memperburuk kondisi medis seperti bila Anda sudah terkena gagal jantung kongestif, asma, atau diabetes. Hal ini bisa menyebabkan kematian," kata Ketua Satgas Imunisasi Dewasa PB Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia, Samsuridjal Djauzi sesuai keterangan rilis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Sabtu (13/7/2019).

Menurut Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia Siti Setiati, influenza bisa terjadi tidak hanya di musim hujan, tapi di musim kemarau.

"Sudah saatnya masyarakat Indonesia melakukan pencegahan influenza melalui vaksinasi agar terlindungi secara efektif, terutama bagi kaum lansia dan tenaga kesehatan", ujar Siti.

Turunkan Risiko Penyakit Lain

Vaksinasi influenza turunkan risiko penyakit lain. (Foto: shutterstock)

Untuk mencegah komplikasi, vaksinasi influenza diperlukan. Vaksinasi ini bukan hanya mencegah paparan virus influenza, melainkan menurunkan risiko beberapa penyakit yang diidap.

"Vaksinasi influenza direkomendasikan oleh berbagai lembaga kesehatan, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, terutama bagi mereka yang menderita penyakit kardiovaskuler. Vaksinasi merupakan cara efektif untuk mencegah infeksi dan komplikasi yang ditimbulkan oleh virus influenza," lanjut Samsuridjal.

Studi World Heart Federation, Influenza and CVD, IFPMA memperlihatkan, vaksinasi influenza pada penderita kardiovaskuler dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 67 persen dan menurunkan risiko stroke sebanyak 24 persen.

Ketika seseorang terkena infeksi saluran napas virus influenza dapat meningkatkan risiko terkena stroke dan serangan jantung 3 hingga 5 kali lipat dalam 3 hari setelah terinfeksi.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangkal Hoaks, Google Desain Ulang Tampilan News Tab

Posted: 12 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google membawa berita baik untuk penggunanya di seluruh dunia. Raksasa teknologi ini akan mendesain ulang tampilan News tab yang akan memprioritaskan penerbit (publisher), bukan berita utama (headline).

Mengutip laman Engadget, Sabtu (13/7/2019), kabarnya Google akan mencoba merancang ulang untuk versi desktop, yang kemudian akan diperkenalkan kepada pengguna beberapa minggu ke depan.

Upaya ini dilakukan agar bisa mengurangi berita palsu dan hoaks yang marak beredar di internet, serta lebih responsif terhadap kebutuhan penerbit.

Tampilan pada News tab sebelum dan setelah didesain ulang mempunyai tampilan berbeda. Perbedaan terletak pada penerbit berita yang ditampilkan paling atas ketimbang berita utama.

Biasanya, berita utama pada berita langsung ditampilkan paling atas, tetapi saat dirancang ulang, berita utama berada di bawah setelah tampilan dari penerbit yang populer.

Kotak di Halaman Utama

Google News

Pada smartphone, terdapat semacam kotak yang muncul di halaman utama berita Google, untuk menampilkan berita dengan penerbit yang sering dilihat pengguna.

Sebagai contoh, saat kamu melansir berita tentang pariwisata yang ada di Bali, maka web berita dengan penerbit utama ditampilkan di atas dan berada di dalam kotak. Berita-berita terkait akan ditampilkan di bawah kotak berita dengan penerbit utama tadi.

Google tidak hanya memprioritaskan nama penerbit, tetapi mesin pencarian raksasa itu juga mengatur artikel yang jelas dan terpercaya. Sepertinya, pengguna akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan desain yang baru.

Sebab, desain baru tampilannya lebih rumit dibandingkan yang lama, serta akan memakan waktu lama untuk mencari berita yang terkait.

(Linda Fahira Putri/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Momen Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Stasiun MRT Lebak Bulus

Posted: 12 Jul 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden terpilih Joko Widodo akhirnya bertemu dengan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, pada Sabtu (13/7/2019). Prabowo tampak hadir lebih dulu pada pukul 09.51 WIB. Kedatangannya langsung disambut histeris oleh warga serta sejumlah pejabat negara dan pimpinan partai politik.

Selang beberapa menit, giliran Jokowi tiba di stasiun MRT, yakni sekitar Pukul 10.06 WIB. Dilansir Liputan6.com dari laman Merdeka.com, Sabtu (13/7/2019), Jokowi keluar lewat lift MRT lalu berjalan menuju posisi Prabowo. Kehadiran Jokowi langsung disambut sorak sorai pengunjung MRT yang turut menyaksikan peristiwa bersejarah ini.

Setelah pertarungan sengit dalam Pilpres 2019, Jokowi dan Prabowo tampak sumringah dan menyambut satu sama lain dengan salam hormat, berjabat tangan, serta cipika-cipiki. Momen bersejarah tersebut lantas banyak diabadikan oleh sejumlah warga yang berada di stasiun MRT Lebak Bulus.

Berdasarkan pantauan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, hingga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani turut terlihat di Stasiun MRT. Selain itu, ada pula Kepala BIN Budi Gunawan serta Menteri Hubungan Budi Karya Sumadi yang juga hadir di lokasi.

Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan detik-detik pertemuan Jokowi dan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (13/7/2019).

1. Prabowo Subianto lebih dulu tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus dibersamai Sekretaris Kabinet Prabowo Subianto dan Kepala Badan Intelijen Nasional.

Prabowo Subianto sudah tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta. (Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham)

2. Sejumlah pejabat negara dan pimpinan partai politik tampak hadir di Stasiun MRT Lebak Bulus.

Jokowi dan Prabowo (Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham)

3. Pertemuan Jokowi dan Prabowo disambut dengan teriakan histeris warga yang berdatangan ke Stasiun MRT Lebak Bulus.

Prabowo memberikan tanda hormat saat Jokowi tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Sabtu (13/7/2019). (Istimewa)

4. Senyum sumringah Jokowi dan Prabowo saat bersalaman di Stasiun MRT Lebak Bulus.

Jokowi dan Prabowo (Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham)

5. Jokowi dan Prabowo kompak mengenakan kemeja berwarna putih menyapa warga yang hadir di Stasiun MRT Lebak Bulus.

Jokowi dan Prabowo (Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham)

6. Pertemuan Jokowi dan Prabowo ini sudah dinantikan publik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Prabowo Subianto Tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus

Posted: 12 Jul 2019 08:58 PM PDT

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo datang sekitar pukul 09.51 WIB. (Liputan6.com/Lizsa Egehem)

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo datang sekitar pukul 09.51 WIB. (Liputan6.com/Lizsa Egehem)

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo disambut Sekretaris Kabinet Pramono Anung hingga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir. (Liputan6.com/Lizsa Egehem)

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo disambut Sekretaris Kabinet Pramono Anung hingga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir. (Liputan6.com/Lizsa Egehem)

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo mengenakan baju khasnya, safari putih. (Liputan6.com/Lizsa Egehem)

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo mengenakan baju khasnya, safari putih. (Liputan6.com/Lizsa Egehem)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: