Senin, 08 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Aksi Ibu-Ibu Saat Ketemu Bocah yang Ingin Beli Ayam Goreng Ini Bikin Haru

Posted: 08 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Restoran cepat saji (fast food) saat ini sudah menjadi favorit banyak orang. Biasanya, fast food sering dikonsumsi oleh orang-orang yang nggak punya waktu lama beristirahat untuk sekadar makan, misalnya para karyawan korporasi.

Restoran cepat saji sudah menjadi ikon makanan untuk acara, seperti ulang tahun ataupun hanya sekadar mentraktir teman kantor. Enggak hanya itu restoran cepat saji juga identik dengan makanan mewah dan mahal.

Biasanya di restoran cepat saji terdapat beragam makanan yang dihidangkan salah satunya ayam goreng. Namun, biasanya harga yang ditawarkan untuk membeli makanan di cepat saji tidak murah. Beruntung bagi kamu yang mampu dan bisa menikmati menu makanan restoran cepat saji.

Namun, tak semua orang bisa mampu untuk menebus atau membeli satu paket ayam goreng yang dihargai sampai puluhan ribu rupiah di restoran cepat saji itu. Seperti kisah tentang aksi seorang ibu-ibu yang membelikan ayam goreng kepada dua orang anak ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari akun Twitter @tongtjilap kisah haru ibu-ibu yang membantu dua bocah yang ingin beli ayam goreng yang bikin haru, Selasa (9/7/2019).

Ibu ini traktir dua orang anak yang kekurangan uang saat beli makan

Restoran cepat saji atau fast food selalu ramai diminati pembeli. Selain menjadi favorit bagi sebagain orang, restoran cepat saji juga terkenal memiliki harga yang tak terjangkau bagi beberapa kalangan. Sehingga jika orang makan disini mau enggak mau harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Namun, baru-baru viral kisah seorang ibu-ibu membayari dua orang anak yang kekurangan uang saat beli makanan di restoran cepat saji. Kisah ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @tongtjilap pada 5 Juli 2019 lalu. Dalam keterangannya ia menceritakan jika saat itu ada dua orang anak yang ingin membeli ayam goreng di restoran cepat saji. Akan tetapi uang yang mereka bawa hanya Rp 20 ribu saja.

Mendengar permintaan anak tersebut, pegawai yang melayani pun bingung, karena uang yang dibayarkan oleh anak tersebut tidak cukup. Mereka meminta dua potong ayam, namun hanya memiliki uang Rp 20 ribu saja. Namun tak lama kemudian, muncul seorang ibu yang menghampiri kedua anak  itu. Lalu, ia menanyakan keinginan dua anak yang diduga anak jalanan tersebut.

Viral di media sosial

Kisah ibu-ibu yang mentraktir dua orang anak yang diduga anak jalanan saat makan di restoran cepat saji ini sontak viral di media sosia. Aksi ibu berjilab ungu tersebut menuai banyak pujian karena tidak hanya membelikan makanan tapi juga ini malah memberi tawaran lebih. Ia malah menawarkan mainan untuk anak tersebut. Tak ayal kisah itu mendapat banyak respon dan komentar dari netizen.

"Smoga tante rejekinya dipermudah" oleh @cipaaamzzz.

"Semoga makin banyak orang kek gini termasuk aku nanti ya Allah , aamiin 😭💛 makasih udh sharing :")"  oleh @nellytrilv.

" bukti kalo masih banyak orang baik" oleh @Niken_fhr.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: 5 Fitur Baru WhatsApp Terpopuler

Posted: 08 Jul 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - 5 fitur terbaru WhatsApp yang akan hadir tahun ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (8/7/2019) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari DIRBS, sistem yang bakal dipakai pemerintah untuk blokir ponsel BM lewat IMEI.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. 5 Fitur Baru WhatsApp yang Patut Ditunggu Tahun Ini

WhatsApp kabarnya sedang bersiap untuk memperkenalkan sejumlah fitur baru bagi pengguna setianya, baik yang memakai perangkat iOS ataupun Android.

Baru-baru ini, aplikasi olah pesan milik Facebook tersebut sedang melakukan uji fitur baru untuk mengetahui seberapa banyak sebuah pesan telah diteruskan.

Guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan saat digunakan, WhatsApp dikabarkan bakal merilis deretan fitur baru pada tahun ini.

Baca selengkapnya di sini 

2. Mengenal DIRBS, Sistem yang Bakal Dipakai Pemerintah untuk Blokir Ponsel BM Lewat IMEI

Qualcomm mendukung pemerintah Indonesia untuk memberlakukan kebijakan pemblokiran ponsel ilegal atau black market (BM) lewat International Mobile Equipment Identification (IMEI).

Dukungan ini diberikan sejak 2017, di mana saat Qualcomm menandatangani MoU dengan Kementerian Perindustrian mengenai proses validasi database IMEI.

Dengan kerja sama antara dua pihak ini, produk ilegal dalam hal ini ponsel ilegal atau BM dibasmi dengan sistem milik Qualcomm yang bernama Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS).

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Xiaomi Pamer Kemampuan Redmi K20 Pro dengan #BottleCapChallenge

Logo Xiaomi (Foto: Agustin Setyo Wardani / Liputan6.com)

Xiaomi memanfaatkan #BootleCapChallange yang tengah populer beberapa hari belakangan di media sosial. Melalui tantangan viral ini, Xiaomi memamerkan kemampuan smartphone terbaru, Redmi K20 Pro.

Global VP Xiaomi, Manu Kumar Jain, mengunggah video di Twitter, yang memperlihatkan dirinya membuka tutup botol dengan tendangan. Aksinya tersebut direkam dengan fitur rekaman 960 FPS pada Redmi K20 Pro.

Aksi Manu tersebut memang tidak berhasil, karena botol berisi air tersebut justru jatuh dan mengenai Redmi K20 Pro yang berada di dekatnya.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Perbandingan Visual Mulan Versi Live Action dan Animasi

Posted: 08 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teaser perdana Mulan versi live action akhirnya dirilis Disney pada Minggu (7/7/2019) kemarin. Publik akhirnya bisa menyaksikan seperti apa visual film yang diangkat dari legenda Tiongkok ini nantinya.

Bila dibandingkan dengan versi animasi yang rilis pada 1998, ada banyak perbedaan dalam Mulan live action. Yang paling menonjol, adalah absennya karakter Mushu, Li Shang, dan Cri-Kee si jangkrik dalam trailer versi baru ini. Unsur musikal juga dipangkas dari film yang bakal tayang tahun depan tersebut. 

Dari teaser yang telah ditonton hampir 13 juta kali ini, terlihat pula bahwa tone Mulan versi live action ini akan lebih serius dari pendahulunya. Dalam keterangannya, Walt Disney Studios memang menjelaskan bahwa film ini adalah adaptasi langsung dari puisi "Balada Mulan". Tak heran, versi ini lebih dekat dengan legenda aslinya ketimbang animasinya. 

Apakah perbedaan ini juga terjadi di segi visual? Simak sejumlah perbandingan dua versi Mulan berikut ini:

1. Keluarga Mulan

Mulan (Disney)

Dalam dua versi film ini, keluarga Mulan terlihat hidup berkecukupan, tapi tetap tampil sederhana. Dalam film animasi, diceritakan bahwa ayah Mulan adalah seorang veteran perang, sementara dalam sinopsis versi live action disebutkan bahwa ia adalah seorang pejuang yang dihormati.

Dalam versi live action, tidak nampak keberadaan sang nenek. Gantinya, Mulan terlihat memiliki seorang saudara  perempuan. 

Mulan (YouTube/ Walt Disney Studios)

2. Perjodohan

Mulan (Disney)

Salah satu adegan paling ikonis dalam film animasi Mulan, adalah saat ia dirias dengan dandanan tebal untuk menjalani perjodohan. Tak lama, Mulan menghapus makeup tersebut, karena menyadari hal itu bukan jati dirinya. 

Dalam momen ini, Mulan versi animasi dan live action terlihat mengenakan gaya makeup yang berbeda. Yang paling menonjol, adalah riasan kuning dengan bunga di keningnya. 

Mulan (Disney)

3. Reflection

Mulan (Disney)

Lagu"Reflection", bisa dikatakan sebagai salah satu soundtrack film versi animasi yang paling ikonis. Pasalnya, lagu inilah menggambarkan pergolakan batin Mulan dalam mencari jati dirinya yang sesungguhnya.

"Reflection" atau dalam bahasa Indonesia berarti refleksi, juga digambarkan secara visual saat Mulan berdiri di depan kolam yang memperlihatkan bayangan di dirinya. Dalam vesi animasi, refleksi ini terlihat saat Mulan tengah berdandan feminin. Sementara dalam teaser live action, Mulan terlihat tengah berlatih dan tampil dengan dandanan maskulin.

Mulan (Disney)

4. Peperangan

Mulan (Disney)

Adegan peperangan dalam dua versi ini memiliki unsur yang terlihat mirip, yakni pertempuran kolosal di dataran luas bersalju. Kuda hitam milik Mulan juga kembali muncul di versi live action ini. 

Bedanya, dalam versi baru ini Mulan mengenakan kostum warna merah, yang terlihat kontras dengan latar belakang salju yang putih.

Mulan (Disney)

5. Adegan di Atap

Mulan (Disney)

Teaser Mulan versi live action juga menampilkan adegan ikonis dalam versi animasi. Yakni saat Mulan berlari di atas atap untuk berduel dengan Shanyu. Dalam versi pendahulunya, Mulan berhasil memenangkan pertarungan ini dengan bantuan Mushu.

Namun lewat trailer, belum terlihat apakah ada sosok yang akan menyokong perjuangan Mulan, seperti kawan-kawannya di versi animasi. 

Mulan (Disney)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal Petinju Berhijab dan Berkebutuhan Khusus

Posted: 08 Jul 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petinju muslim asal Skotlandia ini bernama Sannah Hussain. Ia menderita neuromuskuler autoimun kronis sebabkan kelemahan otot dan albinisme.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilarang Bawa Power Bank, Koper Jemaah Haji Dibongkar

Posted: 08 Jul 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Boyolali Sejumlah calon jemaah haji  harus membongkar koper miliknya di Asrama Haji Donohudan Boyolali karena kedapatan membawa power bank. Pembongkaran itu dilakukan karena maskapai penerbangan melarang alat penambah daya itu disimpan dalam bagasi.

Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Asrama Haji Donohudan, Agus Widakdo, menyebut sejumlah koper milik calon jemaah haji harus dibongkar karena membawa power bank. Pembongkaran koper itu dilakukan sendiri oleh pemilik dengan pengawasan dari petugas.

"Terutama power bank itu hasil penemuannya. Tapi untuk hari ini belum menerima laporan tambahan lagi selain power bank yang ditemukan," kata dia di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin, 8 Juni 2019.

Adapun calon jemaah haji yang banyak membawa power bank berasal dari kloter 1 Embarkasi Solo asal Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan untuk kloter 2 belum ada laporan yang masuk terkait penemuan power bank yang dibawa calon jemaah haji.

"Total penemuan seluruhnya sekitar 10 power bank yang disimpan dalam koper," ujar dia.

Power Bank Dititipkan Petugas

Para calhaj Embarkasi Solo ketika tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Larangan membawa power bank tak hanya di dalam koper, menurut Agus, membawa power bank saat penerbangan juga dilarang. Oleh sebab itu, saat petugas memeriksa melalui x-ray, sejumlah power bank dikeluarkan dari tas gantung milik calon jemaah haji.

"Di bagasi tidak boleh, terus dibawa juga tidak boleh. Ketika di x-ray kemarin itu beberapa power bank milik jemaah dikeluarkan oleh petugas. Jadi, memang tidak boleh membawa power bank," jelas dia.

Agus menjelaskan larangan membawa power bank memang telah disampaikan oleh petugas daerah. Selanjutnya para calon jemaah haji yang kedapatan membawa power bank selanjutnya diminta untuk menyerahkan kepada petugas.

"Power bank itu nanti dititipkan kepada petugas daerah dan nanti diambil ketika kembali sampai Tanah Air," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Ramadan Bikin Penjualan Eceran Mei 2019 Tumbuh

Posted: 08 Jul 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan eceran pada Mei 2019 tumbuh meningkat didorong oleh faktor musiman di mana Indeks Penjualan Riil (IPR) hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) tumbuh 7,7 persen (yoy), lebih tinggi dari 6,7 persen (yoy) pada April 2019.

Peningkatan tersebut terutama didorong oleh penjualan subkelompok sandang, kelompok suku cadang dan aksesori, dan kelompok makanan, minuman dan tembakau seiring dengan permintaan yang meningkat selama bulan Ramadan dan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Dikutip dari keterangan Bank Indonesia, Selasa (9/7/2019), penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh positif pada Juni 2019, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hal tersebut diindikasikan oleh Indeks Penjualan Riil pada Juni 2019 yang diprakirakan tumbuh 2,2 persen (yoy), sejalan dengan kembali normalnya permintaan pasca bulan Ramadan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Pertumbuhan Indeks Penjualan Riil pada Juni 2019 ditopang oleh kelompok Suku Cadang dan Aksesori dan subkelompok Sandang.

Keterangan tersebut juga mengatakan hasil survei mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang atau Agustus 2019 diprakirakan akan menurun.

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 138,3, lebih rendah dibandingkan 160,5 pada bulan sebelumnya.

BI: Optimisme Konsumen pada Juni 2019 Masih Terjaga

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Juni 2019 mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga yang tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2019 yang berada pada level Optimistis yaitu sebesar 126,4, meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 128,2.

Dikutip dari keterangan tertulis Bank Indonesia, Senin (8/7/2019), tetap terjaganya optimisme konsumen ditopang oleh menguatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Hal itu terindikasi dari kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuk indeks, yaitu kondisi penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama. 

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) juga tetap baik, meskipun sedikit menurun terutama terkait dengan ekspektasi terhadap kegiatan usaha ke depan.

Hasil survei juga mengindikasikan menurunnya tekanan kenaikan harga dalam tiga bulan mendatang hingga September 2019. Penurunan tersebut didorong oleh terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya kegiatan distribusi barang.

Sementara itu, tekanan harga dalam enam bulan mendatang hingga Desember 2019 diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh peningkatan permintaan konsumen terhadap barang dan jasa menjelang akhir tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makna Laga Persija vs Persib Buat Shahar Ginanjar

Posted: 08 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Kiper Persija Jakarta, Shahar Ginanjar, menilai pertandingan melawan Persib Bandung sangat krusial buat kedua kubu. Ia pun tak ragu melabeli laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno ini, sebagai ajang adu gengsi.

Laga Persija versus Persib memang selalu menarik dan dinantikan. Hal itu tak terlepas dari rivalitas panjang antarsuporter kedua tim yang bertetangga tersebut.

Pertandingan yang melibatkan keduanya selalu menyita perhatian. Tak hanya kedua tim, bahkan tim keamanan yang selalu kewalahan dan dihantui rasa khawatir ketika kedua tim bentrok.

"Saya pastikan pertandingan ini adu gengsi. Masalah taktik, saya tidak mau ikut campur. Saya hanya menjalankan instruksi pelatih," kata Shahar Ginanjar, Senin (8/7/2019).

Shahar menegaskan timnya siap meladeni perlawanan Persib. Menurut dia, tak ada yang perlu dikhawatirkan dari Persija untuk laga tersebut.

"Fisik tak jadi masalah. Walau kelelahan, itu semua hanya di pikiran saja. Jadi, saya rasa tak ada masalah," ujar kiper berusia 28 tahun tersebut.

Laga nanti diprediksi akan berlangsung ketat karena kedua tim sama-sama ingin meraih poin penuh demi memperbaiki peringkat. Persija saat ini berada di urutan ke-14 dengan raihan lima poin, sedangkan Persib Bandung satu tingkat di atas dengan selisih satu poin lebih banyak.

Pernah Berseragam Persib Bandung

Laga nanti juga akan terasa krusial buat Shahar Ginanjar. Seperti diketahui, kiper kelahiran Purwakarta itu pernah berseragam Persib rentang 2012-2015.

Namun, Shahar menegaskan sikap profesionalnya. Shahar mengaku akan mengeluarkan kemampuan maksimal untuk membantu Persija mengalahkan Persib.

"Saya sudah keluar dari Persib sejak 2015. Jadi, mau melawan siapapun saya rasa besok Persib adalah mantan klub. Saya juga tidak ingin menyangkut pautkan hal itu. Saya tetap kerja profesional dan di mana saya bekerja, saya akan mati-matian," tegas Shahar Ginanjar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keseruan Lomba Lari Gendong Istri di Finlandia

Posted: 08 Jul 2019 09:31 PM PDT

Kontestan pria menggendong pasangannya melewati air saat mengikuti kejuaraan dunia ke-24 lomba lari gendong istri di Sonkajarvi, Finlandia, Sabtu (6/7/2019). Panitia mengatakan kontestan pria bisa 'mencuri istri tetangga' jika tak memiliki teman wanita untuk mengikuti lomba. (AP Photo/David Keyton)

Kontestan pria menggendong pasangannya melewati air saat mengikuti kejuaraan dunia ke-24 lomba lari gendong istri di Sonkajarvi, Finlandia, Sabtu (6/7/2019). Panitia mengatakan kontestan pria bisa 'mencuri istri tetangga' jika tak memiliki teman wanita untuk mengikuti lomba. (AP Photo/David Keyton)

Kontestan pria menggendong pasangannya saat mengikuti kejuaraan dunia ke-24 lomba lari gendong istri di Sonkajarvi, Finlandia, Sabtu (6/7/2019). Kontestan dalam lomba ini harus berlari sejauh 278 yard yang disertai berbagai rintangan. (AP Photo/David Keyton)

Kontestan pria menggendong pasangannya saat mengikuti kejuaraan dunia ke-24 lomba lari gendong istri di Sonkajarvi, Finlandia, Sabtu (6/7/2019). Kontestan dalam lomba ini harus berlari sejauh 278 yard yang disertai berbagai rintangan. (AP Photo/David Keyton)

Kontestan pria menggendong pasangannya saat mengikuti kejuaraan dunia ke-24 lomba lari gendong istri di Sonkajarvi, Finlandia, Sabtu (6/7/2019). Pasangan yang mengikuti lomba ini tidaklah harus benar-benar sudah menikah. (AP Photo/David Keyton)

Kontestan pria menggendong pasangannya saat mengikuti kejuaraan dunia ke-24 lomba lari gendong istri di Sonkajarvi, Finlandia, Sabtu (6/7/2019). Pasangan yang mengikuti lomba ini tidaklah harus benar-benar sudah menikah. (AP Photo/David Keyton)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Santai Bunga Citra Lestari Saat Berlibur, Tetap Kece

Posted: 08 Jul 2019 09:30 PM PDT

Penampilan BCL yang sederhana hanya menggunakan kaos serta outer dan celana jeans cukup memukau. Ia pun hanya menambahkan kacamata dan juga sebuah tas kecil pada penampilannya kali ini. (Liputan6.com/IG/@bclsinclair)

Penampilan BCL yang sederhana hanya menggunakan kaos serta outer dan celana jeans cukup memukau. Ia pun hanya menambahkan kacamata dan juga sebuah tas kecil pada penampilannya kali ini. (Liputan6.com/IG/@bclsinclair)

Saat berlibur di Shanghai, penampilan BCL terkesan sederhana dengan hoodie, topi, tas, kaos kaki serta sneakers. Namun semua barang yang digunakan oleh BCL merupakan barang merek terkenal. (Liputan6.com/IG/@bclsinclair)

Saat berlibur di Shanghai, penampilan BCL terkesan sederhana dengan hoodie, topi, tas, kaos kaki serta sneakers. Namun semua barang yang digunakan oleh BCL merupakan barang merek terkenal. (Liputan6.com/IG/@bclsinclair)

BCL sendiri cukup sering berpenampilan boyish. Bahkan penampilan BCL pun masih terlihat seperti anak muda. (Liputan6.com/IG/@bclsinclair)

BCL sendiri cukup sering berpenampilan boyish. Bahkan penampilan BCL pun masih terlihat seperti anak muda. (Liputan6.com/IG/@bclsinclair)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Latihan Pramusim, Gareth Bale Dilecehkan Fans Real Madrid

Posted: 08 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa depan Gareth Bale bersama Real Madrid masih menjadi pertanyaan besar. Ketidakpastian transfer Bale masih berlangsung di Madrid.

Kelanjutan karier Bale di Real Madrid juga menimbulkan pro dan kontra disebagian besar fans. Bahkan, sekelompok penggemar Los Blancos dilaporkan melecehkan pemain sayap itu, saat ia mengikuti latihan pra-musim, pada Senin lalu.

Pemain asal Wales itu termasuk di antara bintang-bintang tim utama yang check-in di markas latihan klub Valdebebas yang canggih. Tapi, tampaknya kepulangannya tidak disambut oleh semua orang.

Bale, yang tengah berjuang untuk memenangkan semua dukungan dari Real Madrid sejak tiba dari Tottenham pada tahun 2013, dilaporkan menjadi sasaran berbagai penghinaan ketika dia berjalan ke dalam kompleks.

Harian Spanyol AS telah melaporkan bahwa teriakan "tidak tahu berterima kasih" terdengar dari penggemar Real Madrid. Sementara, pemain-pemain seperti Dani Carvajal diberi tepuk tangan ketika mereka tiba.

Kiritkan Keras

Pemain kidal tersebut hanya mencetak 13 gol dalam 34 pertandingan bersama Real Madrid. Manchester United sudah memperlihatkan ketertarikan merekrut Gareth Bale juni nanti. (AFP/Oscar del Pozo)

Bale, 29, telah memenangkan empat gelar Liga Champions sejak bergabung dengan Madrid dari Spurs pada 2013. Saat itu biaya transfernya memecahkan rekor dunia, yakni sekitar 89,2 juta pounds.

Tetapi ia dikritik keras oleh para penggemar dan di media Spanyol musim lalu, setelah gagal mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo ke Juventus.

Madrid gagal memenangkan satu pun trofi. Mereka berada di urutan ketiga La Liga, terpaut 19 poin di belakang juara Barcelona.

Tempat Utama

Bale hanya memulai lima dari 11 pertandingan terakhir Madrid musim ini. Kehadirannya sepertinya tidak disukai oleh manajer Zinedine Zidane.

Dan, peluangnya untuk mendapatlan tempat utama di musim depan tampaknya harus dikompromikan. Ini terkait kedatangan Eden Hazard dari Chelsea dan pemain Brasil Rodrygo dari Santos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sengketa Pileg, Tim Hukum KPU: Kami Tidak Akan Tutupi Persoalan Lapangan

Posted: 08 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan siap memberi keterangan secara jujur dalam menghadapi sidang gugatan sengketa Pileg 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang mulai dilaksanakan pagi ini.

Ketua tim kuasa hukum KPU Ali Nurdin mengatakan pihaknya tidak akan menutupi-nutupi bila ada kesalahan di lapangan. Selain itu timnya juga sudah memetakan semua dalil para pemohon. 

"Kami sudah mendapat arahan menghadirkan seluruh alat bukti yang dihadirkan, termasuk kita bersikap jujur itu yang penting. Sikap KPU tidak akan menutupi persoalan yang ada di lapangan, bersikap jujur apa adanya," kata Ali di gedung MK RI, Selasa (9/7/2019).

Nurdin mengatakan tim kuasa hukum KPU RI terus berkoordinasi yang intens dengan KPU provinsi hingga kabupaten agar bisa menghadirkan alat bukti yang kuat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan KPU masing-masing provinsi, termasuk KPU masing-masing kabupaten/kota, untuk memetakan dalil pemohon dan alat bukti yang diperlukan," ucap dia.

Nurdin menyatakan sejumlah alat bukti tersebut sudah diserahkan ke MK pada Jumat, 5 Juli 2019 kemarin. Bukti itu meliputi dokumen-dokumen formulir C1 pleno, berita acara, hingga sertifikasi hasil rekapitulasi suara di setiap TPS.

"C1 yang merupakan sertifikasi hasil rekapitulasi atau dokumen C yang merupakan berita acara atau dokumen C2 yang merupakan pernyataan keberatan atau secara khusus. Karena yang digugat tidak hanya TPS, kami masuk pada level berikutnya, yaitu pada level kecamatan," tandas dia.

Sidang 260 Perkara

Kawat berduri dipasangkan di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (26/6/2019). Kepolisian memperketat penjagaan di sekitar Gedung MK dengan kawat berduri, kendaraan lapis baja, serta ratusan personel. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya MK menggelar sidang sengketa Pemilu Legislatif 2019, hari ini Selasa (9/7/2019). Sidang perdana kali ini, MK menggelar pemeriksaan pendahuluan. Ada 260 perkara gugatan dari peserta Pileg 2019 yang akan disidangkan.

"Hari ini agendanya pemeriksaan persidangan. Majelis Hakim memeriksa kelengkapan dan kejelasan materi permohonan," kata Juru Bicara Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono di Gedung MK, Senin (8/7/2019).

Hari ini sidang terdiri dari tiga panel dan sidang digelar dari sengketa Pileg lima provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Maluku Utara, Aceh dan Papua.

Di ruang panel 1 sidang dipimpin langsung oleh Hakim Anwar Usman.

MK menerima 340 permohonan gugatan Pileg 2019. Dari jumlah itu, hanya 260 perkara yang tergistrasi, 250 gugatan Pileg, 10 gugatan DPD. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemimpin Hong Kong, 'RUU Ekstradisi Sudah Mati'

Posted: 08 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin Hong Kong Carrie Lam menegaskan pemerintah tidak akan membahas lagi RUU Ekstradisi yang baru. RUU Ekstradisi baru menjadi polemik dan ditentang warga Hong Kong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fairuz A. Rafiq Pernah Alami KDRT Saat Menikah dengan Galih Ginanjar?

Posted: 08 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Permasalahan yang terjadi antara Galih Ginanjar dan Fairuz A. Rafiq sepertinya semakin memanjang.

Setelah melaporkan Galih Ginanjar ke pihak kepolisian pada Senin, 1 Juli 2019 lalu, kali ini Fairuz A. Rafiq menyambangi Komnas Perempuan.

Kedatangan Fairuz A. Rafiq ke Komnas Perempuan guna melayangkan pengaduan terkait kasusnya dengan Galih Ginanjar. Namun di Komnas Perempuan, Fairuz A. Rafiq tidak hanya ditanya soal kasus ini saja.

Komnas Perempuan juga mengkaji adanya dugaan tindak KDRT yang dilakukan Galih Ginanjar semasa membina rumah tangga dengan Fairuz A. Rafiq.

 

 

Pernikahan Galih - Fairuz

Fairuz A Rafiq  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Kasus yang dibawa oleh pengacara ini kan konteksnya pengaduan yang digawangi pengacaranya, itu yang terkait pasca perkawinan," kata Komisioner Komnas Perempuan, Masruchah, saat ditemui di kantornya pada Senin (8/7/2019).

"Jika pun itu (KDRT) terjadi sebelumnya, harus ada konsismen khusus. Karena memang ini ada ruang lain kami akan mempelajari: sebelum terjadi perceraian, saat awal perkawinan bagian yang akan kita kritisi," kata Masruchah.

Namun, pihaknya enggan membeberkan sejauh mana proses diskusi yang sedang berjalan tersebut. "Nah kalau bentuknya seperti apa, saya pikir anda semua kenal Undang Undang KDRT itu jenis kekerasan seperti apa. Itu kita akan kita diskusikan tapi nggak akan kita sampaikan di sini, karena ini masih proses kajian," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Diumumkan Hari Ini, SBMPTN Jadi Trending Topic di Twitter

Posted: 08 Jul 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ajaran 2019/2020 akan diumumkan pada hari ini, Selasa (9/7/2019), pukul 15.00 WIB. Menjelang pengumuman, warganet sudah ramai membicarakan soal SBMPTN di Twitter sejak pagi hari ini.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, tagar #SBMPTN berada di daftar Indonesia trends. Saat berita ini ditulis, #SBMPTN berada di peringkat kedua Indonesia trends dengan lebih dari 3 ribu twit.

Berikut beberapa twit dengan tagar #SBMPTN yang dikicaukan oleh warganet:

"Lebih deg-degan menunggu pengumuman #SBMPTN daripada menunggu doi yang sedang bergandengan dengan org lain :)," tulis pemilik akun @lalalasel_fi.

"Nungguin hasil #SBMPTN kayak nungguin kepastian dari kamu," kicau Yoga Dwiladuno dengan akun @dwiladuno.

"Buat yang lulus #SBMPTN jangan terlalu di publish hasilnya. Kasihan, tidak semua orang beruntung kayak kamu dengan hasil SBMPTN," twit dari @Alfrdz_.

"Dear god, If today I lose my hopePlease remind me that Your plans are better than my dreams #SBMPTN," demikian twit dari @nabilatae_putri.

Cek Hasil SBMPTN 2019 di Sini

Sejumlah peserta mengikuti SBMPTN (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengumuman SBMPTN dapat dilihat di laman resmi utama http://pengumuman.sbmptn.ac.id. Mengingat pengumuman akan dilaksanakan secara nasional, tidak menutup kemungkinan akan ada eror pada sistem laman utama.

Oleh sebab itu, panitia SBMPTN 2019 menyediakan laman mirror yang dapat diakses para peserta SBMPTN 2019 untuk melihat pengumuman.

Berikut daftar laman miror yang dapat diakses saat pengumuman SBMPTN 2019 berlangsung:

1. http://sbmptn.unsyiah.ac.id

2. http://sbmptn.unand.ac.id 

3. http://sbmptn.unsri.ac.id 

4. http://sbmptn.unhas.ac.id 

5. http://sbmptn.ui.ac.id 

6. http://sbmptn.ipb.ac.id 

7. http://sbmptn.itb.ac.id 

8. http://sbmptn.undip.ac.id 

9. http://sbmptn.ugm.ac.id 

10. http://sbmptn.its.ac.id 

11. http://sbmptn.unair.ac.id 

12. http://sbmptn.untan.ac.id 

Tampilan laman miror tidak akan jauh berbeda dengan laman resmi utama. Peserta dapat memasukan informasi, seperti nomor peserta SBMPTN 2019 dan tanggal lahir, beserta captcha yang tertera.

 

Peserta Sebanyak 714.652

Bagaimana pengumuman SBMPTN 2018-nya? Selamat buat yang berhasil, buat yang nggak lolos jangan sedih, kamu yang menentukan masa depanmu, bukan SBMPTN! (Foto: Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Setelah memasukan informasi yang diperlukan, maka akan terbuka apakah peserta tersebut lulus atau tidak pada SBMPTN 2019.

Berdasarkan keterangan tertulis dari panitia SBMPTN 2019, sampai batas akhir pendaftaran Senin, 24 Juni 2019 pukul 22.00 WIB, tercatat jumlah peserta sebanyak 714.652. 

Mereka tersebar dari kelompok Saintek sebanyak 320.329 peserta atau setara dengan 50,42 persen, dan kelompok Soshum sebanyak 345.896 peserta yang setara dengan 48,40 persen.

Serta ada pula peserta yang mendaftar kelompok campuran (Saintek/Soshum) sebanyak 8.424 peserta atau setara 1,18 persen dari jumlah peserta seluruhnya.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Peningkatan Kualitas Haji, DPD RI Lakukan Pengawasan Haji di NTB

Posted: 08 Jul 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komite III DPD RI melakukan pertemuan dengan para pemangku kepentingan penyelenggaraan haji di Asrama Haji Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin 8 Juli 2019. Kunjungan kerja Komite III DPD RI dipimpin oleh ketua delegasi Dr. Abdul Aziz Khafia, senator asal DKI Jakarta yang juga merupakan Wakil Ketua Komite III DPD RI. Turut mendampingi Abdul Aziz adalah Senator tuan rumah dari NTB, Drs. H. Lalu Suhaimi Ismy.

Dalam sambutannya, Abdul Aziz Khafia menyatakan pihaknya hadir untuk melakukan pengawasan atas penyelenggaraan ibadah haji sesuai amanat UU Nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

"Kami berharap agar setiap tahun jamaah haji dapat dilayani dengan lebih baik," tutur Abdul Aziz Khafia.

Dari pihak tuan rumah, senator asal NTB, Drs H Lalu Suhaimi Ismy turut menyatakan kehadiran DPD RI untuk memastikan kelancaran keberangkatan jamaah haji. Dan menyerap aspirasi dan permasalahan yang timbul di lapangan.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB dalam sambutannya memaparkan kuota haji NTB berjumlah 4.514 orang, dengan alokasi jemaah reguler 4.476 orang dan TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) 38 orang, 1 kloter terdiri dari 3 orang TPHD. Kuota tambahan 398 orang, petugas kloter 55 orang.

"Total Kuota haji NTB berjumlah 4.967 orang jemaah," tuturnya.

Hadir pada pertemuan tersebut, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Nasruddin Islah, Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi NTB, Perwakilan Kantor Angkasa Pura Provinsi NTB, Kepala Imigrasi NTB, Perwakilan Maskapai Garuda, Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Barat, perwakilan dari KBIH dan Kepala Asrama Haji NTB.

Sementara dari pihak anggota Komite III DPD RI, selain Ketua Delegasi, Abdul Aziz Khafia (DKI Jakarta) dan pihak tuan rumah Lalu Suhaimi Ismy (NTB) juga diikuti oleh: Oni Suwarman (Jabar), GKR Ayu Koes Indriyah (Jateng), Ahmad Sadeli Karim (Banten), Gede Pasek Suardika (Bali), Habib Abdurrahman Bahasyim (Kalsel), Muslihuddin Abdurrasyid (Kaltim), Stefanus BAN Liow (Sulut), Iqbal Parewangi (Sulsel), A. Abubakar Bahmid (Gorontalo), dan M. Syibli Sahabuddin (Sulbar).

Sementara pada hari sebelumnya, Minggu (7/7), bertempat di Asrama Haji NTB, para anggota Komite III DPD RI juga ikut melepas keberangkatan jemaah haji Kloter 2 asal Lombok Tengah NTB.

Abdul Aziz Khafia mengatakan bahwa orang yang pergi haji adalah orang yang terpilih untuk menjadi tamu Allah. Maka bersyukurlah menjadi jamaah haji. Karena balasan menjadi haji yang mabrur adalah surga.

"Komite III DPD RI mendapat amanah untuk melakukan pengawasan atas penyelenggaraan Ibadah Haji. Kami berharap agar kualitas penyelenggaraan haji setiap tahunnya semakin meningkat" pungkas Abdul Aziz.

Hadir pada acara pelepasan tersebut selain ketua delegasi, Dr. Abdul Aziz Khafia (DKI Jakarta), juga pihak tuan rumah, Drs. H. Lalu Suhaimi Ismy (NTB), KH. Ahmad Sadeli Karim (Banten), dan KH. Muslihuddin Abdurrasyid (Kaltim).

Pada acara pelepasan tersebut dihadiri pula oleh Anggota DPR Komite VIII asal NTB, Ir. Nanang Samodra, M.Sc., dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Nasruddin Islah. Dengan disaksikan oleh para jamaah haji asal Lombok Tengah dan para petugas haji NTB.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Tenaga Kerja AS Membaik, Rupiah Tertekan

Posted: 08 Jul 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa pekan ini. Penguatan dolar AS didorong oleh melemahnya ekspektasi pelaku pasar akan penurunan tingkat suku bunga The Fed.

Mengutip Bloomberg, Selasa (9/7/2019), rupiah dibuka di angka 14.109 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.107 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus melemah ke 14.127 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.109 per dolar AS hingga 14.135 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,83 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.129 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.147 per dolar AS.

Rupiah terkoreksi seiring melemahnya ekspektasi penurunan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed).

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, indeks dolar diperkirakan menguat terhadap hampir semua mata uang utama lain.

"Penguatan dolar AS didorong oleh melemahnya ekspektasi pelaku pasar akan penurunan tingkat suku bunga The Fed lebih dari satu kali tahun ini," ujar Ahmad dikutip dari Antara.

Mengecilnya harapan pelaku pasar tersebut didorong oleh penguatan data tenaga kerja AS yang keluar pada Jumat lalu.

Ahmad memprediksi, jelang lelang sukuk hari ini rupiah diperkirakan bergerak melemah terbatas. "Rupiah kemungkinan melemah ke level 14.130 per dolar AS - 14.160 per dolar AS," katanya.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Pekerja menunjukan Dolar AS di jasa penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (19/6/2019). Nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS sore ini Rabu (19/6) ditutup menguat sebesar Rp 14.269 per dolar AS atau menguat 56,0 poin (0,39 persen) dari penutupan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keinginan Megawati Setelah Kunjungi Beijing World Horticultural Expo

Posted: 08 Jul 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di sela-sela pelaksanaan World Peace Forum di Tsinghua University, Beijing, Senin (8/7/2019), Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri menyempatkan diri berkunjung ke Beijing World Horticultural Expo 2019.

Lokasinya berada dekat dengan salah satu titik Tembok Besar China di distrik Yanqing, Beijing. Luas lahan lokasi expo lebih dari 500 hektare. Mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), terdapat anjungan dari masing-masing 34 propinsi di China. Masing-masing anjungan menampilkan kekhasan budaya dan utamanya flora.

Semuanya dikelilingi oleh pepohonan hijau dan ditata sedemikian rupa sehingga indah serta menyejukkan. Megawati bersama rombongan mendatangi tiga anjungan yang disebut paviliun. Hampir 80 menit dihabiskannya berjalan-jalan mengecek tanaman yang ada.

Megawati mengaku apa yang dilakukan China sangat impresif. Tanamannya begitu banyak dan dipelihara dengan sangat baik. Megawati pun ingin Indonesia memiliki hal yang sama.

"Sebenarnya saya juga berpikir Indonesia bisa membuat seperti ini," kata Megawati, dalam keterangannya, Selasa (9/7/2019).

Dia pun akan menyampaikan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi, agar bisa membuat seperti ini di Indonesia.

"Jadi nanti kalau saya mau ngomong dengan presiden, agar bisa diberikan seperti ini. Karena rakyat perlu tempat seperti ini," jelas Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu.

Diterapkan di Indonesia

Megawati meyakini Indonesia memiliki jauh lebih banyak jenis flora dan fauna dibanding Tiongkok. Selain sebagai tempat eksibisi, Megawati menilai taman besar seperti di Beijing itu akan berguna sebagai sarana pendidikan bagi anak dan kaum muda Indonesia.

Menurut dia, membawa anak ke taman demikian sama saja membuat anak akan belajar secara langsung.

"Jadi sebetulnya sangat mudah kalau kita mempunyai hal seperti ini. Tidak perlu berteori lagi. Saya lihat ada tempat untuk menanam sayur-sayuran, itupun perlu diajarkan ke anak-anak. Itu sebuah pendidikan yang langsung," pungkasnya.

Gelaran Beijing Agricultural Expo 2019 dilaksanakan selama 162 hari. Akan ada setidaknya 2.500 agenda acara yang disiapkan selama pelaksanannya. Pemerintah China sendiri menargetkan acara itu mampu menarik setidaknya 16 juta pengunjung dari dalam dan luar negeri.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Bandung Minta Pengamanan Khusus di Jakarta

Posted: 08 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, meminta timnya mendapatkan pengamanan khusus sebelum dan sesudah bertanding melawan Persija Jakarta pada laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 tersebut berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (10/6/2019).

Untuk kali pertama dalam lima tahun terakhir, Persib akan menantang Persija di Stadion Gelora Bung Karno. Selama setengah dekade belakangan, pertandingan yang mempertemukan kedua tim dengan Persija sebagai tuan rumah, kerap digelar di luar kota lantaran susahnya Persija mendapatkan izin kepolisian.

Lantaran rivalitas dua kelompok suporter, keamanan ekstra ketat selalu diterapkan ketika Persija dan Persib bertanding. Pihak kepolisian biasanya menyediakan kendaraan taktis (rantis) jenis barracuda untuk menjamin keselamatan tim tamu.

Untuk pertandingan kali ini, Polda Metro Jaya telah mempersiapkan tiga barracuda sebagai alat transportasi Persib Bandung dari hotel menuju Stadion Gelora Bung Karno maupun sebaliknya.

"Pasti, Persib meminta (keamanan khusus). Kan mereka (Persija, musim lalu) sudah dilindungi," ujar Umuh. 

Wanti-wanti Persija

Pemain Persib melakukan pemanasan saat latihan resmi lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (29/6). Persib akan melakoni laga tandang tunda melawan Persija, Sabtu (30/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Umuh juga meminta Persija dan suporternya belajar dari kasus tahun lalu. Saat Persib menjamu tim berjulukan Macan Kemayoran itu, seorang suporter tim tamu, Haringga Sirla, meninggal dunia lantaran dikeroyok sejumlah oknum pendukung tuan rumah.

Alhasil, karena kejadian itu, Persib dijatuhi hukuman berat oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. "Nanti kalau ada kejadian pasti kan mereka takut dihukum seperti Persib," imbuh Umuh.

Kembali bermain di Stadion Gelora Bung Karno setelah lima tahun absen, Umuh menegaskan Persib tidak takut. "Persib bermain di mana saja terserah dan siap saja. Yang penting, seluruhnya memadai," kata Umuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Bos Perusahaan Ini Bakal Sita Ponsel Karyawan yang Ketahuan Main Medsos

Posted: 08 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan zaman, teknologi semacam ponsel menjadi salah satu faktor penunjang kesuksesan. Kendati demikian, kehadiran teknologi canggih terkadang tak selamanya membawa keuntungan.

Salah satunya terciptanya media sosial yang tak jarang disalahgunakan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Misalnya, media sosial tak disangka mampu mengalihkahkan fokus dan tanggungjawab karyawan saat bekerja.

Untuk mengatasi masalah ini, seorang bos perusahan marketing di Inggris punya cara khusus. Dikutip Liputan6.com dari laman BBC News, Selasa (9/7/2019), direktur perusahaan Business Marketing Services, Gerard O'Shaughnessy bakal menyita ponsel karyawan yang ketahuan main media sosial saat bekerja.

Hal ini dilakukan Gerard O'Shaughnessy melalui video rekruitmen karyawan untuk perusahaannya yang berbasis di bidang marketing. Dalam video perekrutan tersebut, Gerard O'Shaughnessy mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan menerima calon karyawan yang ketagihan menggunakan ponsel ataupun calon karyawati yang punya pacar posesif.

Karyawan wajib menyerahkan ponsel sebelum kerja

Ilustrasi smartphone (Sumber: iStockphoto)

Yang dimaksud Gerard O'Shaughnessy dengan istilah pacar posesif adalah mereka yang tak pernah berhenti menghubungi pacarnya untuk selalu membalas pesan atau sekadar berbagi kabar tentang apa yang tengah dikerjakan.

Jika ada yang ketahuan melanggar peraturan, sudah pasti ponselnya akan disita. Kebijakan ini mungkin akan dianggap ekstrem, tapi Gerard punya alasan yang logis.

Gerard O'Shaughnessy mengatakan bahwa saat ini orang-orang, tak terkecuali pegawai kantoran telah kecanduan smartphone. Alhasil, Ia ingin semua orang yang bekerja di kantornya untuk mengatasi kecanduan dengan cara menerapkan peraturan barunya itu.

Setiap pagi, semua karyawan wajib menyerahkan ponselnya masing-masing sebelum mulai bekerja. Kendati demikian, ponsel yang disita akan dikembalikan saat jam makan siang tiba.

"Jika dibiarkan, karyawan yang terus bermain media sosial dapat berdampak buruk pada perusahaan. Di sisi lain, kami juga telah muak untuk memberi tahu mereka agar berhenti menggunakan ponsel saat bekerja. Menurutku itu sangat menyebalkan," Ungkap Gerard O'Shaughnessy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gedung Sekolah Berstatus Cagar Budaya Butuh Rehabilitasi di Surabaya

Posted: 08 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 di Jalan Praban, Surabaya, Jawa Timur yang berstatus cagar budaya membutuhkan rehabilitasi karena beberapa bagiannya mulai rusak.

Kepala Bagian Administrasi dan Pembangunan Kota Surabaya, Robben Rico menuturkan, gedung SMP Negeri 3 dahulu bernama Meer Uitgebreid Lager Ondowijs (MULO), sekolah setara menengah pertama pada zaman penjajahan Belanda.

"Mumpung posisi masih liburan, jadi misalkan dibongkar, direhat masih ada waktu. Beberapa ruangan memang perlu diperbaiki, seperti kelas perlu dicat ulang dan perbaikan lainnya," ujar dia, seperti dikutip dari laman Antara, Selasa (9/7/2019).

Robben menuturkan, selain mengupayakan rehabilitasi untuk memperbaiki bagian gedung yang rusak, pemerintah kota juga akan membantu sekolah memperbaiki sarana dan prasarana pendukung kegiatan pendidikan. "Agar nantinya semua sekolah di Surabaya memiliki kualitas yang sama," ujar dia.

Robben menuturkan, saat dia mendampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meninjau SMP Negeri 3, pengurus sekolah mengemukakan keinginan untuk membangun lapangan guna menunjang aktivitas olahraga murid di sekolah.

"Kalau ada lapangan, mereka bisa sepak bola, voli, dan beberapa kegiatan olahraga lainnya," ujar dia.

Pemerintah Kota Surabaya, ia menuturkan, akan berupaya membeli lahan yang ada di sekolah tersebut supaya bisa digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan.

"Entah dibuatkan laboratorium atau apa. Intinya digunakan untuk mengembangkan kualitas sekolah yang ada, atau bisa juga kegiatan ekstra misalkan hidroponik dan juga bisa kesenian karawitan," ujar dia.

Wali Kota Risma Mulai Gesit Tinjau Sekolah

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, kondisi kesehatan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) nampaknya sudah  benar-benar pulih seperti sedia kala.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Pahlawan ini nampak gesit, bahkan terkadang dia juga tidak menggunakan kursi roda saat meninjau berbagai proyek dan sekolah.  Kondisi itu seperti terlihat ketika meninjau SMP Negeri 3 Surabaya, Senin, 8 Juli 2019.

Kunjungan tersebut secara khusus dilakukan untuk mengetahui keadaan gedung sekolah yang sudah ada, terutama gedung yang sudah cukup tua untuk direhabilitasi.

Sekolah yang terletak di Jalan Praban itu merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang dulunya bernama Meer Uitgebreid Lager Ondowijs (MULO) atau sekolah setara SMP pada zaman penjajahan Belanda.

Pada saat meninjau sekolahan itu, Wali Kota Risma didampingi Kepala Dinas PU Bina Marga Erna Purnawati, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Robben Rico, Kepala Dinas Pendidikan Ikhsan serta jajaran OPD terkait.

Saat itu, Wali Kota Risma langsung melihat bangunan utama yang sudah mulai melengkung dan perlu perbaikan atau perawatan. 

Kepala Bagian Adminstrasi dan Pembangunan Kota Surabaya, Robben Rico mengatakan, kunjungan Wali Kota Risma itu dalam rangka meninjau kebutuhan sarana prasarana (sarpras) yang dinilai perlu serta memastikan kondisi sarpras yang ada.

"Ibu meminta dalam hal ini Dinas Cipta Karya melakukan rehabilitasi gedung-gedung, terlebih yang posisinya cagar budaya," kata Robben seusai mendampingi Wali Kota Risma meninjau sekolah itu.

Robben menuturkan, rehabilitasi itu dapat dilakukan ketika bangunan-bangunan tersebut sudah mulai keropos.

 

Memastikan Ruangan Masih Layak Pakai

Wali Kota Risma dan rombongannya juga ingin memastikan semua ruangan masih layak pakai untuk kegiatan belajar mengajar. Terutama ruang kelas yang membutuhkan perbaikan.

"Mumpung posisi masih liburan, jadi misalkan dibongkar, direhab masih ada waktu. Beberapa ruangan memang perlu diperbaiki, seperti kelas dilakukan cat ulang dan perbaikan lainnya," lanjut Robben.

Selain meminta melakukan rehabilitasi, Wali Kota Risma juga memastikan kebutuhan dan keperluan apa saja yang kurang dari SMP Negeri 3 Surabaya. Agar nantinya, semua sekolah di Surabaya memiliki kualitas sama.

Pada kesempatan itu, pihak sekolah langsung menjawab beberapa hal yang dibutuhkan di sekolahnya. Di antaranya berharap lapangan olahraga yang dapat digunakan siswa untuk menunjang aktivitasnya di sekolah.

"Kalau ada lapangan, mereka bisa sepak bola, Volly, dan beberapa kegiatan olahraga lain," lanjut Robben.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya memastikan, lahan yang ada di sebelah sekolah itu akan dibeli apabila pemiliknya ingin menjualnya. Sebab, lahan yang ada di sebelah sekolah itu bukan milik Pemkot Surabaya.

"Entah dibuatkan labaratorium atau apa. Intinya digunakan untuk mengembangkan kualitas sekolah yang ada, atau bisa juga kegiatan ekstra misalkan hidroponik dan juga bisa kesenian karawitan," pungkasnya. 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan yang Pertama, Asmirandah Jadi Istri Ketiga Jonas Rivanno

Posted: 08 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asmirandah dan Jonas Rivanno sebelumnya memang cukup lama menghilang dari layar kaca televisi. Tapi kini, mereka kembali hadir di panggung sinetron lewat perannya di Cinta Suci SCTV. 

Diketahui pasangan Asmirandah dan Jonas Rivanno terjalin cinta lokasi dalam sinetron "Kemilau Cinta Kamila" pada 2010 lalu.

Dipasangkan dalam sinetron tapi pada akhirnya kisah percintaan mereka berakhir di pelaminan. Nah kali ini, pasangan muda ini kembali menjadi pasangan suami istri.

Menariknya, bukan jadi yang pertama, Asmirandah malah menjadi istri dari pernikahan ketiga Jonas Rivanno.

Kira-kira bagaimana tanggapan Asmirandah ya? Yuk, langsung saja selengkapnya di channel SCTV di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Mahasiswa Cheating di Negara Ini Siap-Siap Dapat Sanksi 2 Tahun Penjara

Posted: 08 Jul 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Brisbane - Demi memberantas praktek cheating atau di lingkungan universitas, pemerintah Australia bertekad menyasar pihak-pihak yang memberikan bantuan. Mereka yang terbukti memberikan bantuan kepada mahasiswa untuk melakukan kecurangan akademik akan dikenakan sanksi penjara dua tahun atau didenda 210 ribu dolar Australia sekitar Rp 2 miliar.

Langkah pemerintah ini diambil melalui Rancangan Undang-undang (RUU) yang ditujukan bagi perbuatan menyediakan atau mengiklankan layanan yang disebut "contract cheating", termasuk website-website yang menawarkan jasa penyelesaian tugas atau menggantikan ikut ujian dengan imbalan biaya.

Menurut laporan ABC Indonesia yang dikutip Selasa (9/6/2019), CEO organisasi perguruan tinggi Universities Australia Catriona Jackson menilai RUU itu diperlukan sebagai peringatan bagi para pelaku cheating.

Namun dia menyoroti adanya aspek yang masih terlalu luas dalam RUU, yaitu larangan terhadap "penyediaan bantuan untuk setiap bagian pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan seorang mahasiswa".

Jackson khawatir hal itu bisa menjadikan orangtua mahasiswa yang mengoreksi esai anaknya, bisa terjerat dalam UU ini.

"Saya kira orang tak menginginkan hal itu terjadi," katanya.

Associate Professor Phillip Dawson dari Pusat Penelitian dan Pengkajian Digital Universitas Deakin di Australia setuju bahwa kalimat dalam RUU tersebut masih kabur.

"Jika saya bilang ke mahasiswa, lebih bagus kalau kamu menulis ulang kalimat dalam esaimu dengan cara lain, apakah perbuatan saya itu masuk kategori menyediakan layanan cheating?" katanya.

"Jika seorang mahasiswa memberikan catatannya kepada mahasiswa lain dalam ujian atau seorang kakak membantu adiknya mengerjakan tugas statistik, seharusnya itu bukan kejahatan," ujar Prof Dawson.

Merusak Integritas Perguruan Tinggi

Ilustrasi pemeriksaan ujian mencegah menyontek. (AFP)

Menteri Pendidikan Australia Dan Tehan menyatakan praktek "contract cheating" itu telah merusak integritas sistem pendidikan tinggi sehingga perlu diberantas.

"Gelar dari universitas Australia sangat berharga dan Pemerintahan Morrison berusaha melindungi investasi dalam pendidikan tinggi serta melindungi sektor mahasiswa internasional kita yang bernilai 35 miliar dolar dengan menindaki kecurangan," katanya.

"RUU ini akan memberikan kewenangan kepada TEQSA (Badan Kualitas dan Standar Pendidikan Tersier) untuk meminta surat perintah Pengadilan Federal untuk mewajibkan penyedia layanan internet memblokir akses ke website domestik dan internasional yang mempromosikan layanan cheating," katanya.

Menteri Tehan mengatakan RUU ini sebenarnya secara eksplisit telah memberikan pengecualian bagi dukungan akademik yang disetujui pihak universitas, misalnya, bantuan menulis bagi mahasiswa disabilitas.

"Saya siapkan RUU ini pada April lalu untuk masa konsultasi dan akan mempertimbangkan masukan-masukan untuk tahap penyelesaiannya," katanya.

"Saya berharap RUU ini akan diajukan ke Parlemen tahun ini juga," ujar Menteri Tehan.

 

Cheating Tambah Marak

Ilustrasi belajar. (dok. unsplash.com/@joaosilas)

Presiden Serikat Mahasiswa Nasional Desiree Cai mengatakan praktek "contract cheating" sulit diukur tetapi diyakini semakin meluas.

"Masalah contract cheating mungkin sudah terjadi selama bertahun-tahun, tapi karena penggunaan internet mungkin kini lebih banyak visibilitas layanan yang tersedia," ujarnya.

"Dan bagi mahasiswa yang ingin menggunakannya, lebih mudah untuk mengaksesnya," katanya.

Cai mengatakan mendukung tujuan RUU, yang lebih menarget para penyedia jasa daripada siswa, tapi meminta universitas memberikan dukungan lebih besar dalam mencegah orang cheating.

"Saya kira bagi banyak orang, cheating itu semacam langkah terakhir ketika mereka benar-benar tak tahu harus mencari kemana lagi," kata Cai.

"Dukungan akademik universitas dan dukungan bahasa, khususnya untuk mahasiswa yang lebih rentan seperti mahasiswa internasional, semuanya dapat ditingkatkan," ujarnya.

Catriona Jackson dari Universities Australia menjelaskan sudah menjadi fokus utama bagi kalangan universitas untuk menggunakan kombinasi dukungan dan hukuman dalam mencegah pelaku cheating.

"Jadi, jika Anda ketahuan cheating, ada berbagai hukuman yang diterapkan. Apakah dinyatakan tidak lulus, atau dapat dikeluarkan dari universitas," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Fashion Item yang Harus Dimiliki Pria Agar Selalu Tampil Menarik

Posted: 08 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan pria memang sering terlihat cuek dengan penampilannya. Apalagi jika harus memilih pakaian untuk sehari-hari, mereka biasanya hanya memilih yang itu-itu saja. Pria cenderung lebih cuek dalam memilih fashion untuk dikenakannya. Tidak heran, kadang pria memakai dengan model yang sama ke berbagai acara. 

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan wanita yang memiliki banyak pilihan busana. Apalagi kebanyakan wanita memiliki hobi membeli pakaian atau fashion item yang lain.

Pria harus lebih pintar dalam memadupadankan busana agar tidak membosankan. Oleh karena itu, ada beberapa fashion item yang harus dimiliki pria agar selalu tampil menarik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/7/2019) tentang fashion item yang harus dimiliki pria.

Baju Kaus dan Kemeja Putih

Kemeja Putih (Sumber: Pixabay)

Baju kaus putih

Fashion item pertama yang harus dimiliki pria adalah baju kaus putih. Baju kaus puith seakan tidak pernah salah dalam gaya busana yang cocok untuk pria yang tidak suka ribet. Warna putih akan membantu untuk terlihat santai namun tetap elegan. Baju kaus putih juga lebih mudah untuk dikombinasikan dengan fashion item lain seperti celana denim, chino, atau blazer untuk tampilan lebih formal.

Kemeja putih

Selanjutnya, seorang pria harus memiliki kemeja putih. Kemeja berwarna putih baik itu lengan pendek maupun lengan panjang wajib dimiliki oleh pria. Apalagi tampilannya yang bersih dan minimalis cocok dikenakan pada berbagai kesempatan, baik formal maupun kasual. Kemeja putih juga bisa dipadukan dengan berbagai fashion item lainnya dengan sangat pas.

Celana Jeans dan Setelan Jas

Celana Jeans (Sumber: Pixabay)

Celana jeans

Fashion item yang harus dimiliki pria selanjutnya adalah celana jeans. Pilih celana jeans yang berwarna biru atau hitam dan bersih dari ornamen. Pilih yang berpotongan lurus atau pas kaki untuk hadirkan tampilan visual kaki yang jenjang. Apalagi celana jeans cocok dipadukan dengan berbagai jenis busana. Menggunakan celana jeans juga dapat mendukung kegiatan indoor maupun outdoor pria.

Setelan jas

Selanjutnya, fashion item yang harus dimiliki pria adalah setelan jas. Jika ingin tampilan formal padukan setelan jas dengan kemeja dan dasi. Sementara untuk gaya kasual kamu bisa memadukan jas dengan denim atau celana pendek.

Sweater dan Sepatu

Sepatu Kulit (Sumber: Pixabay)

Sweater

Fashion item selanjutnya adalah sweater dan jaket. Item yang satu ini akan memberikan kesan elegan dan rapi, bisa juga dipadukan dengan kemeja agar terlihat lebih formal.

Sepasang sepatu yang keren

Sepatu yang keren adalah elemen paling penting dalam penampilan. Pria yang disukai para cewek adalah yang sepatunya tetap bersih dan matching dengan pakaian yang ia pakai.

Pilih sepatu dengan material kulit yang minim dekorasi untuk menguatkan tampilan tegas dari material kulit. Sepatu pantofel jenis ini biasanya digunakan untuk menghadiri acara formal, namun bisa juga digunakan secara kasual.

Selain itu, sepatu yang paling pas digunakan untuk santai tentunya adalah sneakers yang digemari semua orang, terutama anak muda. Sneakers sangat cocok dipakai dengan gaya casual dan mudah dipadukan dengan berbagai outfit, membuat kamu terlihat lebih aktif dan dinamis.

Jam Tangan dan Sabuk

Jam tangan dan sabuk (Sumber: Pixabay)

Jam Tangan

Aksesoris yang keren adalah yang sesuai dengan karakter. Pria wajib punya aksesoris yang pas dengan karakternya. Jam juga menjadi item penting bagi para pria untuk terlihat keren. Jam bisa menjadi penunjuang penampilan seorang pria. Jam tangan digital membuat kamu terlihat sporty, sementara jam tangan analog dengan tali kulit akan menunjang kamu yang ingin tampil elegan.

Sabuk dari material kulit

Selanjutnya, fashion item yang harus dimiliki pria adalah sabuk dari material kulit. Pilihlah sabuk yang minim dekorasi agar penampilan terlihat lebih kuat untuk mendukung material kulit yang tegas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Akan Periksa Soetikno Soedarjo, Tersangka Suap Garuda Indonesia

Posted: 08 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan petinggi PT Mugi Rekso Abadi (PT. MRA) Soetikno Soedarjo dalam kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia. Soetikno akan diperiksa sebagai tersangka.

"SS (Soetikno Soedarjo) akan diperiksa sebagai tersangka pengadaan pesawat dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (9/7/2019).

Soetikno dijerat sebagai tersangka dalam kasus ini pada Januari 2017. Namun hingga kini dia belum juga ditahan oleh lembaga antirasuah.

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif menyebut mandeknya kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia lantaran bukti-buktinya berbahasa asing.

"Bukti yang kami dapat itu berkasnya tebal, habis itu semua buktinya dalam bahasa Inggris, kalau bahasa Indonesia sebenarnya sudah lama jadi," ujar Syarif di Gedung KPK, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Selain lantaran bukti-bukti kasus tersebut berbahasa asing, penanganan kasus ini juga dilakukan bersama-sama dengan penegak hukum asing seperti Chief Financial Officer (CFO) dan Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB).

"Jadi harus diterjemahkan bukti-buktinya itu, kan ini investigasi bersama CFO dan CPIP Singapura," kata Syarif.

Lantaran bukti-bukti yang berbahasa asing tersebut jugalah yang membuat tersangka dalam kasus ini belum ditahan. Sebab, penahanan oleh penegak hukum terhadap tersangka memiliki batas waktu.

"Ya belum ditahan, kenapa enggak ditahan? Kan ada batas waktu penahanan, kan enggak boleh lebih dari waktu tertentu, bagaimana kalau berkasnya belum selesai?," kata Syarif.

Tetapkan 2 Tersangka

KPK sebelumnya menetapkan dua tersangka terkait kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia.

Mereka adalah Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo yang merupakan Presiden Komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA). Emirsyah Satar dalam kasus ini diduga menerima suap Euro 1,2 juta dan USD 180 ribu atau senilai total Rp 20 miliar.

Ia juga diduga menerima barang senilai USD 2 juta yang tersebar di Singapura, Australia, dan Indonesia, dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce, dalam pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS pada periode 2005-2014 di PT Garuda Indonesia.

KPK menduga, pemberian suap itu dilakukan melalui seorang perantara Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner dari Connaught International Pte Ltd yang berlokasi di Singapura.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MINI Electric Kembali Tebar Pesona, Siap Meluncur?

Posted: 08 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melalui akun Twitter @BMWGroup, BMW Group kembali menebar teaser mobil ramah lingkungan terbarunya, MINI Electric. Gambar tersebut memperlihatkan sedikit bagian mobil listrik Mini yang pertama.

Terlihat bahwa MINI Electric nantinya akan dibekali pelek baru yang tampak futuristik, modern, dan kental dengan nuansa kendaraan ramah lingkungan. Selain itu, terlihat mobil ini tetap mempertahankan taillight dengan corak bendera Inggris.

Sebelumnya, MINI dalam akun Youtube mereka telah merilis video teaser MINI Electric pada pertengahan Juni lalu. Tak banyak informasi yang bisa didapat namun, mobil ini masih kental dengan nuansa MINI Cooper pada umumnya.

Tak hanya itu, sempat beredar spyshot MINI Electric saat sedang diuji coba di Los Angeles pada akhir Mei 2019 lalu. Mobil ini juga tetap memiliki headlight membulat dengan bingkai LED DRL.

 

Menutup Rapat Informasi Spesifikasi

Nuansa mobil listrik pada MINI Electric juga dihadirkan oleh gril rapat. Selain itu, tutup socket pengisian daya baterai memiliki motif logo MINI Electric.

Sayangnya pihak BMW Group masih menutup rapat segala informasi terkait spesifikasi MINI Electric, begitu pula dengan waktu peluncurannya. Kita tunggu saja.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serupa tapi Tak Sama, Lebih Kece Gaya Maia Estianty atau Kate Middleton?

Posted: 08 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sulit rasanya untuk tidak jatuh cinta pada penampilan Maia Estianty. Istri Irwan Mussry ini tahu betul memadupadankan busana, item-item fashion, hingga menciptakan tampilan yang tak hanya cantik, tetapi juga elegan.

Salah satu gaya Maia Estianty yang berhasil mencuri atensi khalayak luas adalah saat ia menghadiri acara pacuan kuda Royal Ascot 2018 di London, Inggris. Kala itu, ibu tiga anak ini memakai gaun biru muda yang didominasi bahan lace.

Bagian kerah gaun berlengan panjang tersebut dibuat agak tinggi serta dililit oleh sentuhan pita warna biru dongker. Lipit-lipit yang cukup besar menghiasi bagian bawah gaun.

Maia juga mengenakan big round hat dengan hiasan bunga warna biru muda. Ia juga membawa clutch bag hitam dan open toe high heels ankle strap hitam yang kian melengkapi penampilan yang manis.

Gaya Maia tersebut ternyata serupa namun tak sama dengan yang dikenakan Kate Middleton saat hadir di Royal Ascot 2019. Potret ibunda Al, El, dan Dul ini disandingkan dengan foto istri Pangeran William tersebut oleh penggemarnya.

"Di tag foto ama Fans. Ini acara Royal Ascott dua2nya, tapi aku di tahun 2018, Sang Ratu Kate Middleton tahun 2019. Mirip sih ya (maunya) hahahah. Yang kanan Ratu beneran, yang kiri Ratu (ah sudahlah, sudah bubar group Ratunya juga) #ratuhalu hahahahahha," tulis Maia Estianty.

Penampilan Kate Middleton

Duchess of Cambridge Kate Middleton tersenyum saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). (AP Photo/Alastair Grant)

Selain itu, Maia Estianty juga sempat menuliskan keterangan yang bernada gurauan dalam potret di Instagram yang menampilkan kolase potret dirinya dan Kate Middleton.

"Jangan2 diem2 dia ngefans sama aku(bukannya kebalik Mai??) hahahaTapi aku adalah Ratu di hati anak2ku dan suamiku. Mirip yakk? (minta di lempar sendal nih kayaknya) hwahahahha," tulis Maia Estianty.

Dilansir dari People, Kate Middleton saat menghadiri Royal Ascot 2019 tampil dalam balutan gaun rancangan desainer Lebanon, Eli Saab. Gaun tersebut terdiri atas dua potong yaitu atasan dan rok lipit panjang warna biru muda serta topi baru dari Philip Treacy.

Gaya elegan Duchess of Cambridge kian cantik dengan aksesori sepasang anting-anting bermata topaz biru rancangan Kiki McDonough. Biru merupakan tema warna acara kerajaan karena seluruh perempuan kerajaan juga memakai warna serupa.

Nah, itu dia penampilan serupa tapi tak sama Maia Estianty dan Kate Middleton ketika menghadiri Royal Ascot. Lalu, mana di antara mereka yang menurut Anda penampilannya lebih kece?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas, Penyakit-Penyakit Ini Mengintai pada Musim Kemarau

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Purbalingga - Musim kemarau identik dengan kekeringan dan krisis air bersih. Namun, ternyata ada pula dampak berbahaya lainnya, yakni penyakit yang ditimbulkan oleh musim kering ini.

Akhir dasarian kedua Juli 2019 ini, sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau, tak terkecuali Purbalingga, Jawa Tengah. Di wilayah lereng Gunung Slamet ini, warga sudah mulai mengalami krisis air bersih.

Musim kemarau telah mengubah perilaku keseharian masyarakat dalam aktivitas mandi cuci kakus atau MCK-nya. Lantaran keterbatasan ketersediaan air bersih, jika biasanya mereka ber-MCK di kamar mandi, kini mereka berburu sumber air terdekat.

Tak jarang, masyarakat di daerah kekeringan memanfaatkan air yang sebenarnya tak layak untuk aktivitas MCK, terlebih air minum. Namun, apa daya, air begitu terbatas sehingga masyarakat terpaksa memanfaatkan sumber air seadanya.

Lazim ditemui, sekelompok masyarakat memanfaatkan aliran sungai pada musim kemarau. Seluruh aktivitas, termasuk buang air besar, dilakukan di sungai.

Sementara, di pinggir-pinggirnya, masyarakat membuat sumur sederhana untuk mandi, mencuci, dan juga memenuhi kebutuhan air minum. Mereka tak sadar, kebiasaan itu memicu meningkatnya risiko penyakit diare.

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, Hanung Wikantono mengatakan ketersediaan air bersih yang terbatas pada musim kemarau menyebabkan masyarakat berisiko mengonsumsi air tak layak minum. Terutama di wilayah yang mengalami krisis air bersih.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pencetus Diare, ISPA, dan Penyakit Kulit

Seorang warga Desa Cinangsi, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, menimba air di Sungai Dermaji pada musim kemarau (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Selain diare, pemanfaatan sumber air yang sebenarnya tak layak juga memunculkan risiko penyakit lainnya, yakni penyakit kulit.

"Waspada penyakit seperti diare dan penyakit kulit yang disebabkan karena kurangnya ketersediaan air akibat dari musim kemarau termasuk yang ada di Purbalingga," ucapnya dalam keterangan resminya, Senin, 8 Juli 2019.

Karenanya, ia meminta agar masyarakat menjaga sanitasi dan jangan sampai Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Sebab BAB sembarangan justru akan menambah risiko pencetus penyakit. Terlebih, masyarakat memanfaatkan air yang berdekatan dengan tempat BAB.

Di luar persoalan air, menurut Hanung, perbedaan suhu yang ekstrem antara siang dengan malam hari juga memunculkan risiko penyakit saluran pernapasan atau ISPA. Risiko ISPA bertambah tinggi menilik karakter kemarau yang kering dan banyak debu.

Karenanya, ia mengimbau agar warga memakai masker wajah dan menggunakan jaket tebal untuk menghindari penyakit. Stabilitas suhu tubuh perlu dijaga agar tak sampai memicu penyakit.

"Pakai masker dan jaket agar tidak juga terkena ISPA serta radang yang juga bisa menyerang saat musim kemarau," dia mengungkapkan.

Untuk menajaga kondisi tubuh, Hanung bilang warga perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Ia juga meminta warga menghindari makanan yang bisa memicu penyakit-penyakit tersebut.

"Ketersediaan air sebenarnya harus dijaga dan juga sanitasi serta jangan sampai BAB di sembarang tempat. Warga juga harus menjaga pola makan seperti mengurangi makanan pedas dan es," dia mengungkapkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

80 Persen Anak Indonesia Kekurangan Asupan Omega-3

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan penelitian yang diterbitkan British Journal of Nutrition pada 2016 melaporkan bahwa 8 dari 10 anak Indonesia kekurangan asupan asam lemak esensial seperti omega-3 (EPA dan DHA).

Padahal kehadiran lemak dan omega-3 berperan penting bagi tubuh. Dua elemen ini berfungsi sebagai komponen di dalam otak yang menunjang jaringan saraf dan mata, dan membantu proses pembekuan darah. Hal ini disampaikan dokter spesialis gizi klinis Nurul Ratna Mutu Manikam.

Apabila anak mengalami defisiensi omega-3 maka akan terjadi abnormalitas fungsi mata, saraf, dan otak serta menyebabkan proses pertumbuhan melambat.

"Jadi tumbuh tingginya lambat, kognitifnya juga tidak terlalu berkembang," kata Nurul dalam diskusi Dukung Anak Semangat Sekolah SGM Eksplor di Jakarta beberapa waktu lalu ditulis Selasa (9/7/2019).

Berdasarkan angka kecukupan gizi Indonesia pada 2014, untuk angka usia 4 hingga 6 tahun membutuhkan asupan omega 3 sebesar 0,9 gram/hari.

Sebenarnya, ada banyak Sumber asupan omega-3 dapat ditemukan pada sarden, makarel, tuna, salmon, tiram, udang, kepiting, kuning telur, telur terfortifikasi DHA dan susu terfortifikasi DHA.

 

Manfaat Omega-3

Berapa Kebutuhan Omega-3 Harian Orang Dewasa? (Evan Lorne/Shutterstock)

Selain yang disebutkan Nurul di atas, berikut manfaat omega-3, seperti dilansir Healthline:

1. Risiko terkena depresi menurun

Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi omega-3 secara teratur lebih kecil kemungkinan mengalami depresi. Bahkan orang depresi dan cemas yang mengonsumsi omega-3 menjadi lebih baik. Kandungan omega-3 (ALA, EPA, dan DHA) tampaknya mampu memerangi depresi.

2. Meningkatkan kesehatan mata

DHA merupakan komponen struktural utama retina mata yang dapat mencegah degenerasi makula. Ketika Anda memiliki defisiensi omega-3, bisa memiliki mengalami masalah penglihatan.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Saat hamil, ibu juga perlu mengonsumsi omega-3. Nutrisi ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. 

 

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Tur Pramusim Barcelona di Jepang dan Amerika Serikat

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona bakal menjalani tur pramusim di dua benua yaitu Asia dan Amerika. Dua tur ini akan melibatkan beberapa klub yang sudah mengikat perjanjian dengan Barcelona.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde meminta pemain untuk kembali pada 14 Juli. Ini tak berlaku untuk pemain yang tampil di Copa America dan juga bergantung sejauh mana kiprah di event tersebut.

Setelah menjalani tes medis dan fisik, Barcelona akan memulai latihan pada 15 Juli. Ini bakal jadi periode sibuk buat pemain di atas lapangan.

Setelah itu, mereka akan berangkat ke Jepang sebagai rangkaian tur pertaa mereka. Barcelona akan menghelat dua kali uji coba di tur pramusim bertajuk FC Barcelona Japan Tour 2019, Presented by Rakuten ini.

Pertama, Barcelona akan melawan Chelsea. Setelah itu, Barcelona akan melawan Vissel Kobe, klub yang diperkuat Andres Iniesta dan David Villa. Setelah itu, Barcelona akan terbang ke Amerika Serikat. Mereka akan menjalani tur pramusim bertajuk LaLigaserie A Cup.

Duel ini akan melibatkan juara La Liga Barcelona dengan runner up serie A, Napoli.

 

Jadwal Pramusim

Pelatih Barcelona asal Spanyol, Ernesto Valverde. (AFP/Jewel Samad)

 

Jepang

23 Juli: Barcelona vs Chelsea

27 Juli: Vissel Kobe vs Barcelona

Amerika Serikat

4 Agustus: Barcelona vs Arsenal

7 Agustus: Napoli vs Barcelona

10 Agustus: Barcelona vs Napoli

 

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil SBMPTN 2019 Bakal Diumumkan, Warganet Harap-Harap Cemas

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Selasa (9/7/2019), merupakan hari yang dinantikan bagi para siswa SMA yang telah lulus. Pasalnya, Pengumuman Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN 2019) akan segera diumumkan mulai pukul 15.00 WIB.

Melalui Twitter, banyak warganet yang berharap, berdoa, menyemangati satu sama lain untuk hasil SBMPTN 2019 yang terbaik.

Tidak hanya harapan, terdapat beberapa gambar sampai meme lucu yang sayang untuk dilewatkan.

Penasaran? Berikut cuitan para warganet seputar SBMPTN:

Hi #SBMPTN, there you go.

Whatever happens, happens. Dont get stuck in one situation! Goodluck and have a nice day :)#SBMPTN

the best for us🖤💙 #SBMPTN

Whatever happens today i'll smile #SBMPTN

#SBMPTN 15.00 sharp

Cuitan netizen dari gambar sampai meme

Selasa (8/6), merupakan hari pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2015.

Trust Allah his plans will make everything better:)#SBMPTN

for all those people who waiting for pengumuman sbmptn hari ini... let me tell u, don't be afraid.. apapun hasilnya nanti, you deserve to be happy, buddy. :) ❤#SBMPTN

4 Jam Lagi Pengumuman SBMPTN

Sejumlah peserta mengikuti SBMPTN 2018 di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Selasa (8/5). Sebanyak 74 ribu peserta calon mahasiswa ikut ujian SBMPTN di UIN. (Merdeka.com/Arie Basuki)

me:

Hari ini sekitar ribuan orang akan gagal. Persiapkanlah hati dan pikiranmu untuk menerima kabar baik ataupun buruk. Ingat, kegagalan bukan akhir dari segalanya teman. Mari berdoa agar mendapatkan hasil yang terbaik. #SBMPTN

my brain right now:#sbmptn

In less than 20 hours, you'll be able to hear the souls of hundreds of thousands of students screaming internally. #sbmptn2019 #SBMPTN

SBMPTN kou membuatku deg degan kek ditembak sama dia, tapi ini mah lebih2Semoga kita semua lulus tahun ini aamiin#SBMPTN #sbmptn2019 Dapet yang warna💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚

"Welcome to The Hell"#SBMPTN

Pengumuman SBMPTN Bisa Lihat di Sini

Bagaimana pengumuman SBMPTN 2018-nya? Selamat buat yang berhasil, buat yang nggak lolos jangan sedih, kamu yang menentukan masa depanmu, bukan SBMPTN! (Foto: Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Perlu diketahui bahwa jumlah pendaftar SBMPTN 2019 tercatat sebanyak 714.652.

Masing-masing tersebar dari beberapa kelompok, terdiri dari kelompok Saintek sebanyak 320.329 peserta atau setara dengan 50,42 persen, kelompok Soshum sebanyak 345.896 peserta yang setara dengan 48,40 persen, dan kelompok campuran (Saintek/Soshum) sebanyak 8.424 peserta atau setara 1,18 persen.

Pengumuman bisa dilihat melalui beberapa laman resmi dari universitas yang ada di Indonesia. Kamu juga bisa langsung lihat di laman resmi SBMPTN yaitu http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

(Linda Fahira Putri/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Wanita dengan Zodiak Ini Diklaim Jadi Ibu Terbaik

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang tak mengetahui bahwa melalui zodiak kalian bisa mengetahui karakter tersembunyi seseorang, contohnya saja seperti karakter seorang wanita.

Bahkan dikutip dari Boldsky, ada beberapa zodiak ini dinilai memiliki karakter untuk menjadi ibu terbaik.

Artikel tentang beberapa zodiak yang dinilai memiliki karakter untuk menjadi ibu terbaik menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel yang menunjukkan detik-detik aksi copet yang berhasil terekam kamera korban.  

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang 7 alasan mengapa tidur di sisi kiri baik untuk kesehatan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Wanita Berzodiak Ini Bakal Jadi Ibu Terbaik, Kamu Termasuk?

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Setiap wanita tentu ingin menjadi ibu yang baik bagi buah hatinya. Karena perannya begitu penting, membuat ibu menjadi sosok terhebat dalam hati anak-anaknya.

Ternyata, melalui zodiak bisa mengungkap kualitas ibu yang satu dengan lainnya. Definisi ibu terbaik mungkin akan berbeda pada setiap orang.

Selengkapnya…

2. Detik-Detik Aksi Copet Terekam Kamera Korban, Pelakunya Wanita Cantik

foto: Youtube Viral Press

Ketika melakukan traveling ke negara lain ada baiknya kita selalu waspada. Hindari membawa barang berharga ketika menyusuri kota-kota besar. Hal ini tentu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti kecopetan. Kejadian tak mengenakan ini baru saja dialami seorang turis asal Thailand, Nina Spencer dan Toi ketika berkunjung ke London.

Saat itu keduanya sedang membuat sebuah vlog perjalanannya ketika di London. Keduanya menyebrang jalan sambil terus merekam. Sesaat setelah menyebrang, Toi menyadari bahwa dompet di dalam tasnya telah hilang.

Selengkapnya…

3. Baik Buat Kesehatan, Ini 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Tidur di Sisi Kiri

Tips tidur nyaman./Copyright shutterstock.com

Posisi Anda tidur dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa efektif membantu tubuh tetap bekerja. Dari sekian banyak posisi tidur, ada posisi terbaik.

Tidur di sisi kiri adalah standar terbaik dalam posisi tidur. Ada 7 alasan kuat mengapa hal tersebut terjadi. Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari hhdresearch.org.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legislator Gerindra Dipanggil KPK Dalam Kasus Bowo Sidik

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi VI DPR Fraksi Gerindra Fadhlullah dijadwalkan diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap dan gratifikasi yang menjerat koleganya Bowo Sidik Pangarso.

Fadhlullah sendiri akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan Indung, anak buah Bowo Sidik di PT Inersia.

"Yang bersangkutan (Fadlullah) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IND (Indung)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Selain Fadlullah, penyidik juga memanggil empat saksi lain yakni Bupati Kepulauan Merati H. Irwan dan tiga dari unsur swasta bernama Serly Virgiola, Harmawan, dan Dipa Malik.

"Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IND," kata Febri.

Sebelumnya, KPK menetapkan anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso sebagai tersangka kasus dugaan suap jasa pengangkutan antara PT. Humpuss Transportasi Kimia dengan PT. Pupuk Indonesia Logistik (Pilog).

 

Terima Suap 7 Kali

Selain Bowo, KPK juga menjerat dua orang lainnya yakni Marketing Manager PT. Humpuss Transportasi Kimia (PT. HTK) Asty Winasti, dan pegawai PT. Inersia bernama Indung. KPK menduga ada pemberian dan penerimaan hadiah atau janji terkait kerja sama pengangkutan bidang pelayaran menggunakan kapal PT HTK tersebut.

Dalam perkara ini, Bowo Sidik diduga meminta fee kepada PT Humpuss Transportasi Kimia atas biaya angkut yang diterima sejumlah USD 2 per metric ton. Diduga, Bowo Sidik telah menerima suap sebanyak tujuh kali dari PT Humpuss.

Total, uang suap dan gratifikasi yang diterima Bowo Sidik dari PT Humpuss maupun pihak lainnya yakni sekira Rp 8 miliar. Uang tersebut dikumpulkan Bowo untuk melakukan serangan fajar di Pemilu 2019.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menteri Susi Tantang Mark Zuckerberg Adu Paddling

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menantang pendiri Facebook Mark Zuckerberg untuk adu paddling. Jika menang, Susi ingin membeli kapal patroli dan kapal nelayan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haji karena dapat Hadiah, Bolehkah?

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ibadah haji menjadi impian bagi setiap umat islam, begitu pula dengan mendapatkan hadiah perjalanan ibadah haji secara gratis. Hukum menerima hadiah berangkat dalam rombongan delegasi untuk melaksanakan ibadah haji adalah boleh, karena itu hak dan tidak perlu merasa berdosa.

Dilansir dari buku 100 Tanya-Jawab Haji & Umrah karya Yusuf Al Qaradhawi, disebut seseorang yang menerima hadiah perjalanan haji boleh menerima ataupun menolaknya, karena syariat tidak memaksa siapa pun untuk menerima pemberian seseorang.

"Kalau ia mau menerima dengan senang hati dan sukarela, itu bagus. Jika menolak sedapat-dapatnya ia harus mengatakan kepada sang dermawan tanpa melukai hatinya," jelas Yusuf dalam bukunya.

Selain itu, pemberi juga harus dipastikan tidak akan menyakiti hati si penerima ataupun mengungkit-ungkit kebaikannya di belakang hari. Sebab, terkadang seseorang ada yang membatalkan pahalanya sedekahnya dengan menyakiti dan mengungkit-ungkit pemberiannya di kemudian hari.

 

Pemberian dari Bank Konvensional

Terkadang pemberian hadiah perjalanan haji didapatkan dari bank konvensional. Menurut Yusuf dalam bukunya apabila seseorang telah melaksanakan ibadah haji dengan pemberian dari bank konvensional, maka sebaiknya melaksanakan haji untuk yang kedua kalinya menggunakan biayanya sendiri.

"Saya menyarankan supaya pergi haji lagi dengan biaya dari harta yang benar-benar halal. Sebab, salah satu syarat meraih predikat haji mabrur ialah menggunakan harta yang murni halal dan bukan yang syubhat," jelas yusuf.

Seperti yang telah masyarakat ketahui umumnya dana dari bank konvensional menggandung unsur riba dan syubhat.

 

Reporter: Nabila Bilqis

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilangkan Sial, Kriss Hatta Buang Benda Pribadi ke Tong Sampah

Posted: 08 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kriss Hatta dinyatakan tak bersalah dan bebas. Sebelumnya, Kriss Hatta diduga telah memalsukan dokumen pernikahan dengan Hilda Vitria.

Setelah bebas, Kriss Hatta melakukan tradisi membuang kesialan. Bukan mandi di pantai Ancol seperti yang biasa dilakukan beberapa publik figur, melainkan membuang hanya celana dalam saja.

"Ada teman ngasih usul buang CD ke Ancol. Ya udah saya lakuin. Udah dilakuin hari itu juga tanggal 4 (saat bebas) malam, langsung saya buang," kata Kriss Hatta saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2019).

 

Tong Sampah

Kriss Hatta [foto: instagram.com/krisshatta07]

Kriss Hatta menegaskan dirinya tak membuang celana dalam yang dipakai di pantai Ancol. Melainkan di tong sampah sekitaran lokasi tersebut.

"Saya buang bukan di airnya, kalau itu kan namanya buang sampah sembarangan. Saya buang di tong sampah, yang penting masih di wilayah laut," imbuh pria yang berprofesi sebagai presenter dan pemain sinetron ini.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oposisi dan Presiden Maduro Sepakat Berunding, Krisis Venezuela Tamat?

Posted: 08 Jul 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Caracas - Oposisi Venezuela dan pemerintah sepakat untuk memulai dialog di Barbados guna menyelesaikan krisis politik negara itu.

Belum ada tanggal jelas yang diumumkan, namun, sumber-sumber diplomatik mengatakan bahwa dialog itu akan terselenggara pekan ini.

Kementerian luar negeri Norwegia, yang telah bertindak sebagai mediator, mengatakan kedua pihak akan bertemu "untuk mencari solusi yang konstitusional," demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (9/7/2019).

Kedua belah pihak telah terlibat dalam perebutan kekuasaan sejak Januari 2019. Kekisruhan itu memperuncing krisis ekonomi Venezuela yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir.

Dialog awal antara oposisi dan pemerintah Venezuela telah diadakan pada Mei 2019 di Oslo, Norwegia. Namun tak menghasilkan kesepakatan.

Usulan Kedua Belah Pihak

Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido (AFP/Federico Parra)

Pihak oposisi Venezuela mengusulkan tiga poin negosiasi, antara lain: mengakhiri 'perebutan kekuasaan' oleh pemerintahan Presiden Nicolás Maduro, membentuk pemerintahan transisi, dan menyelenggarakan pemilu yang dipantau oleh pengamat internasional.

Sementara dari pihak pemerintah, Menteri Komunikasi Jorge Rodríguez men-Tweet menjelaskan keinginan Caracas "untuk mengonsolidasikan perdamaian nasional."

Belum ada detail lebih lanjut mengenai poin-poin apa yang akan dibahas dalam negosiasi selanjutnya di Barbados.

Sekilas Krisis Venezuela

Presiden Nicola Maduro di hadapan rakyat Venezuela - AFP

Pemimpin oposisi Juan Guaido dan Presiden Maduro telah berselisih sejak Januari 2019, ketika Guaido mengajukan menyatakan dirinya sebagai presiden interim.

Ia beralasan bahwa pemilu yang mengembalikan Maduro ke tampuk kekuasaan untuk masa jabatan kedua pada 2018 tidak bebas dan adil.

Sejak itu, lebih dari 50 negara, termasuk Amerika Serikat dan sebagian besar negara di Amerika Latin, telah mengakui Guaido sebagai pemimpin sah Venezuela.

Tetapi militer Venezuela, kekuatan yang kuat di negara itu, dan sekutu berpengaruh seperti China dan Rusia tetap mendukung Presiden Maduro.

Upaya Guaido untuk membuat militer mengalihkan kesetiaan kepadanya gagal, dan negara itu tetap terombang-ambing ketika kedua pria bersikukuh mengklaim sebagai presiden yang sah.

Sementara itu, krisis ekonomi yang parah telah memperburuk keadaan. Kekurangan makanan dan obat-obatan telah semakin parah. Angka-angka PBB menunjukkan empat juta orang telah meninggalkan negara itu sejak 2015.

Pemerintah menyalahkan sanksi AS yang diterapkan kepada Venezuela sebagai penyebab, tetapi oposisi mengatakan polemik itu dipicu oleh kesalahan pemerintah yang tak becus mengelola perekonomian negara.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transfer Griezmann ke Barcelona Segera Rampung

Posted: 08 Jul 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Proses transfer Antoine Griezmann ke Barcelona segera berakhir. Rencananya, pemain Prancis itu akan diumumkan sebagai pemain Barca pada Rabu (10/7/2019).

Sejak akhir musim lalu, penyerang Timnas Prancis tersebut sudah mengumumkan bakal angkat kaki dari Atletico Madrid. Namun hingga saat ini, belum ada kejelasan kemana Griezmann akan berlabuh pada musim depan.

Si pemain masih menutup rapat-rapat terkait tim mana yang akan dibela pada musim depan. Meski begitu, Antoine Griezmann masih akan bermain di La Liga.

Barcelona disebut-sebut menjadi klub yang paling serius menginginkan jasa Griezmann. Seperti dilansir AS, proses transfer Griezmann ke Barca seharusnya sudah diumumkan pada pekan lalu.

Namun karena ada satu dan dua hal, proses negosiasi menjadi terhambat. Kendati demikian, Barcelona diyakini sudah menyepakati transfer Antoine Griezmann. El Barca akan menebus klausul rilisnya yang bernilai 120 juta euro (Rp 1,8 trilun) pada musim panas ini.

Saat ini, Barcelona dan Atletico Madrid tengah menyelesaikan proses administrasi sang pemain. Jika mencapai kesepakatan, Griezmann bakal resmi menjadi pemain El Barca pada Rabu (10/7/2019).

Bakal Ikut Tur Pramusim Barcelona

4. Antoine Griezmann (Atletico Madrid) - 10 gol dan 7 assist (AFP/Oscar del Pozo)

Meski diumumkan pada Rabu, Griezmann baru akan diperkenalkan kepada publik di Camp Nou pada Jumat (12/7). Setelah itu, dia akan bergabung dengan rekan-rekannya untuk mengikuti latihan pra musim.

Sesi latihan tersebut dimulai pada 14 Juli mendatang. Setelah itu, Antoine Griezmann akan bertolak ke Jepang bersama skuat Barca untuk mengikuti Rakuten Cup.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Pengendali Banjir, 2 Bendungan di Sulut Bakal Jadi Tempat Wisata

Posted: 08 Jul 2019 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan dua bendungan di Sulawesi Utara. Kedua bendungan tersebut adalah Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara dan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Jika pembangunannya telah rampung, kedua bendungan tersebut total akan memiliki daya tampung 39,47 juta m3 dan bakal memiliki berbagai fungsi, seperti untuk sarana pengendali banjir hingga tempat wisata.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, tujuan konstruksi kedua waduk tersebut sejalan dengan program pembangunan 65 bendungan pada periode 2015-2019, yakni guna meningkatkan jumlah tampungan air serta mendukung program ketahanan pangan.

"Saat ini dari 7,3 juta hektar lahan irigasi, hanya 11 persen yang mendapatkan jaminan air dari bendungan. Dengan selesainya 65 bendungan nanti diharapkan bisa meningkat menjadi 19-20 persen," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (9/7/2019).

Bendungan Kuwil Kawangkoan yang memiliki kapasitas tampung 23,37 juta m3 dan luas genangan 139 ha ini dibangun sejak 2016 dengan biaya Rp 1,46 triliun. Saat ini, progresnya telah mencapai 46 persen dan ditargetkan selesai pada akhir 2020.

Bila telah terbangun, bendungan ini bermanfaat bagi pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya untuk debit banjir 470 m per detik, dimana Ibu Kota Sulawesi Utara itu pernah mengalami banjir bandang pada 2014.

Fungsi lainnya yakni untuk penyediaan air baku di Kota Manado, Kecamatan Kalawat, Kota Bitung, dan KEK Bitung sebesar 4,5 m per detik, Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) dengan kapasitas 2 x 0,70 MW, serta pengembangan pariwisata.

 

Bendungan Lolak

Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan dua bendungan di Sulawesi Utara, yakni Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara dan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow. (Dok Kementerian PUPR)

Sementara Bendungan Lolak dengan kapasitas tampung 16,10 juta m3 dan luas genangan 97,46 ha dapat berguna untuk sumber air daerah irigasi seluas 2.214 ha, penyediaan air baku 500 liter per detik, dan pembangkit tenaga listrik sebesar 3,3 MW. Pembangunannya telah dimulai pada 2016 dengan biaya sebesar Rp 1,71 triliun, dan ditargetkan rampung pada 2021.

Selain itu, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sulawesi Sungai I Direktorat Sumber Daya Air (SDA) juga menganggarkan Rp 52,5 miliar untuk membangun pengendalian banjir pada 4 sungai di Kota Manado. Pengerjaannya dibagi tiga paket, yakni paket persiapan yang meliputi desain pada 2019 dengan biaya Rp 2 miliar, paket dokumen lingkungan Rp 500 juta, dan paket fisik Rp 50 miliar untuk 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Orang Saat Memasang Holder HP di Kendaraan Ini Bikin Senyum

Posted: 08 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semenjak kemunculan ojek online, keberadaan smartphone di motor memang sangat krusial dan sangat penting untuk menunjukkan jalan. Smartphone yang berisi fitur GPS dan peta tak hanya berguna bagi para driver ojek dan taksi online, tapi juga pengirim barang dan ekspedisi.

Bagi sebagian orang menggunakan HP saat berkendara menjadi kebutuhan agar tetap bisa berkomunikasi. Namun, menggunakan HP saat berkendara juga bisa berbahaya bagi keselamatan. Oleh karena itu, saat  ini banyak hadir holder HP yang digunakan pada motor dan mobil .

Holder HP ini juga sangat bermanfaat bagi pengedara khususnya ojek online yang harus selalu siap menerima pesanan di manapun berada. Dengan memasang holder pengendara bisa lebih fokus berkendara sehingga tetap menjaga keselamatan dengan baik.

Meskipun saat ini holder HP sangat mudah ditemui dan mempunyai harga yang cukup murah, namun bagi mereka yang kreatif memiliki cara tersendiri saat memasang  holder HP di kendaraan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 7 gaya orang saat memasang holder HP di kendaraan yang bikin senyum-senyum, Selasa (9/7/2019).

1. Holder versi kearifan lokal dengan memakai sandal ungu berbunga.

2. Sebuah gaya hack life yang siap menjadi incaran maling

View this post on Instagram

pria ini hidup abad40

A post shared by 🅁🄴🄲🄴🄷 🅂🅀🅄🄰🄳 (@awreceh.id) on

3. Siap-siap tanganmu tercincang-cincang jika berani mengambil HP ini

4. Sertifikasi keamanan level tingkat tinggi

View this post on Instagram

S3 Oxford. Cc: @gojek24jam

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on

5. Fungsi lain holder di motor, biar bisa selebrasi dulu saat terjadi gol

6. Seperti di ATM, ketikan di holder ini dipastikan aman

7. Tidak hanya di motor, di mobil holder versi kearifan lokal juga bisa digunakan

View this post on Instagram

inovasi baru . cc @newdramaojol.id

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naksir Berat James Rodriguez, Napoli Terus Rayu Real Madrid

Posted: 08 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Napoli sedang berusaha keras untuk merayu Real Madrid agar melepas James Rodriguez sebagai pemain pinjaman. Direktur Sport Napoli Cristiano Giuntoli sedang berada di Madrid untuk lakukan negoisasi.

Marca melansir, Giuntoli datang ke Madrid untuk merampungkan transfer James Rodriguez. Masalahnya Real Madrid masih ngotot minta 42 juta euro untuk bintan aal Kolombia ini.

Sedangkan Napoli ingin agar James Rodriguez dipinjam dulu dengan opsi membeli permanen di kemudian hari.

Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti mengungkapkan niatnya untuk memboyong James Rodriguez. Dia mengakui klub asal kota Naples itu naksir berat dengan James yang punya kualitas.

"Ide kami bermain dengan kualitas. Tim ini terbiasa bermain dengan tipe sepak bola itu," ujar Ancelotti soal pemain yang dibeli Real Madrid pada 2014 lalu.

 

 

Sudah Kenal

Gelandang Bayern Munchen, James Rodriguez, tampak kecewa usai kalah dari Liverpool pada laga Audi Cup di Stadion Allianz Arena, Munchen, Selasa (1/8/2017). Munchen kalah 0-3 dari Liverpool. (AFP/Christof Stache)

Ancelotti mengatakan dirinya sangat kenal dengan kualitas James Rodriguez. Keduanya pernah berkolaborasi dengan baik semasa masih di Real Madrid.

"James pemain yang saya kenal sangat baik dan dia membawa banyak kualitas. Sayangnya, dia bukan pemain Napoli saat ini.

Marca memprediksi Real Madrid akan umumkan transfer James Rodriguez hari ini waktu setempat. Bagaimanapun Madrid ingin membuangnya.

Berlibur

James sendiri saat ini masih menikmati masa liburannya. Dia baru saja membela Kolombia di Copa America 2019 sehingga butuh untuk istirahat.

Dia akan mnunggu bagaimana hasil negoisasi antara Napoli, Real Madrid dan agennya Jorge Mendes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Konferensi Muslim di Kanada, Justin Trudeau Tekankan Pentingnya Perdamaian

Posted: 08 Jul 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Toronto - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menghadiri sebuah konferensi Muslim yang digelar di negaranya pada akhir pekan lalu. Konferensi berjuluk 'Jalsa Salana' itu telah memasuki tahun penyelenggaraan ke-43, di mana digelar pada 5-7 Juli lalu di Toronto, Kanada.

Mengutip dari cuitan Justin Trudeau pada Selasa (9/7/2019), dia menekankan tentang pentingnya menjaga perdamaian antarsesama.

Trudeau juga turut mengucapkan selamat kepada komunitas Ahmadiyah Kanada karena sukses mengawal penyelenggaraan konferensi tersebut, di mana tahun telah memasuki penyelenggaraan ke-43.

"Komunitas Ahmadiyah mencontohkan arti sesungguhnya berada di sana (konferensi) untuk perdamaian lingkungan hidup kita, di mana memiliki "cinta untuk sesama, dan tidak ada benci". Senang bisa kembali ke Jalsa Salana yang ke-43 oleh Jamaah Muslim Ahmadiyah Kanada. Terima kasih telah menerima saya kemarin," tulis PM Trudeau di Twitter.

Sang perdana menteri hadir dalam upacara penutupan Jalsa Salana, yang tahun ini, diklaim berhasil menarik lebih dari 20.000 pengunjung.

Jalsa Salana pertama kali digelar oleh komunitas Muslim Ahmadiyah pada 27 Desember 1891 di Qadian, India.

Bagi Ahmadiyah, konferensi ini adalah ajang tahunan terpenting untuk membahas kesadaran spiritual yang lebih besar, dan juga mempromosikan perdamaian.

 

 

Konferensi Global Tahunan bagi Muslim Ahmadiyah

Mirza Ghulam Ahmad, pendiri organisasi keagamaan Ahmadiyah (Wikimedia Commons)

Tujuan dari Jalsah Salana, sebuah konferensi tahunan yang diadakan di setiap negara di mana Muslim Ahmadiyah eksis, adalah untuk memungkinkan setiap peserta mendapatkan manfaat keagamaan.

Ini adalah kesempatan bagi para peserta untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang iman mereka, dan mendekatinya.

Konferensi ini juga merupakan kesempatan untuk bertemu saudara dan saudari sesama penganut Muslim Ahamdiyah lainnya, dan memperkuat ikatan dengan mereka.

Selama tiga hari, banyak ceramah disampaikan oleh para pembicara terkemuka, di mana masing-masing membahas topik yang berbeda dalam kaitannya dengan Islam.

Salah satu ceramah yang paling ditunggu tahun ini disampaikan oleh Imam Imtiaz Ahmad, di mana membahas Islam sebagai pelindung hak-hak perempuan.

Selain itu, digelar pula doa bersama setiap petangnya di masing-masing hari penyelenggaraan.

Tidak ketinggalan digelar pula serangkaian pameran, di mana menghadirkan aspek Islam yang berbeda satu sama lain, seperti contohnya pameran Al-Qur'an Suci yang menampilkan lebih dari 70 terjemahan Kitab Suci.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderland of Java Jadi Pusat Perhatian di Pekan Budaya dan Pariwisata

Posted: 08 Jul 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 39 kendaraan roda empat turut menyemarakkan Parade Budaya dan Mobil Hias, Minggu (7/7). Kegiatan itu menjadi pembuka dari rangkaian Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2019. Berbagai elemen masyarakat turut hadir pada acara tersebut, baik sebagai peserta maupun penonton.

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan, untuk mobil hias diikuti sejumlah instansi pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat umum. Salah satu partisipan adalah PT. Gudang Garam yang membawa trailer dengan puluhan penari dan bunga indah. Mengusung tema 'Wonderland of Java', mereka tampil total hingga sukses menyedot perhatian masyarakat.

"Untuk event kali ini, kami tidak membatasi kreativitas peserta. Mereka boleh mengangkat tema apa saja, yang penting masih terkait seni dan budaya Kabupaten Kediri. Ada yang menampilkan karakter Dewi Songgo Langit, Sumpah Lembu Sora, Situs Panji Gambyok, dan lain-lain. Semua menarik dan kreatif," ujarnya.

Sesuai prediksi awal, acara ini berlangsung sangat meriah. Semangat menyemarakkan event bukan hanya datang dari para peserta, tapi juga masyarakat setempat. Termasuk para wisatawan yang penasaran ingin menyaksikan jalannya acara.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, Suwignyo menambahkan, beragam atraksi ditampilkan dalam pembukaan event ini. Barisan purna Paskibra dan Drum Band Akademi Perkeretaapian Indonesia juga tak mau ketinggalan. Mereka bahkan menjadi 'Cucuk Lampah' Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias tersebut.

"Ini luar biasa. Semua partisipan tampil maksimal. Yang menarik bukan hanya mobil hias. Tetapi juga deretan penari dan kontingen lain. Kesemuanya memakai kostum-kostum yang indah dan keren. Benar-benar sesuai ekspektasi," ucapnya.

Sebelum Parade Budaya dan Mobil Hias berlangsung, para millenial sudah terlebih dahulu mengunjungi stand-stand pameran di Kawasan Simpang Lima, Gumul, Kediri. Sejumlah stand dibangun dengan konsep kekinian dan instagramable, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai latar belakang untuk berfoto.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2019 adalah komplit. Ada banyak hal yang ditampilkan. Bukan sebatas pentas seni budaya atau hiburan, tetapi juga ada pameran produk-produk UMKM. Termasuk Street Food Festival, dimana pengunjung bisa berburu kuliner sepuasnya.

"Konsep yang dikemas benar-benar layak diacungi jempol. Nuansa tradisional dan modern disandingkan, sehingga saling menguatkan. Dengan treatment seperti ini, beragam tradisi dan budaya akan lestari. Empati besar akan diberikan para millenial karena mereka juga diberikan space berkreasi," jelasnya, diamini Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung.

Kepala Bidang Pemasaran I Area Jawa Kemenpar, Wawan Gunawan mengingatkan, Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2019 berlangsung selama satu minggu. Yaitu tanggal 7-13 Juli. Dengan demikian, ada banyak kesempatan bagi pengunjung atau wisatawan untuk mengenal lebih dalam seni budaya Kabupaten Kediri.

"Jangan berpikir acara ini akan menjemukan. Justru sebaliknya. Ada banyak keseruan yang bisa dinikmati. Bahkan oleh para millenial dan segala usia. Khusus bagi anak muda Kediri, jangan merasa gaul kalau belum datang ke acara ini" tegasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, budaya menjadi salah satu potensi yang bisa dimaksimalkan untuk mendatangkan wisatawan. Sebab, 60% wisatawan mancanegara datang ke Indonesia karena budaya. Selebihnya karena alam (35%), dan faktor buatan (5%).

"Budaya harus terus dilestarikan. Iya yakin, semakin budaya dilestarikan, maka akan makin mensejahterakan. Karenanya, para penggiat kebudayaan harus mampu menghasilkan daya kreasi yang bernilai komersil tinggi," tandasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penambang Temukan Fosil Reptil yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu, Bikin Merinding

Posted: 08 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini, banyak ditemukan fosil hewan purba yang hidup puluhan hingga ratusan juta yang lalu. Mulai dari kepala serigala hingga gigi hiu purba yang disebut sebagai Megalodon.

Yang terbaru, para penambang batu permata di Kanada juga menemukan benda serupa. Dilansir Liputan6.com dari laman Daily Mail, Selasa (9/7/2019), sejumlah penambang dari perusahaan Enchanted Designs menemukan kerangka fosil monster laut purba Mosasaurs yang berasal dari jenis Tylosaurus.

Di tengah pekerjaannya mencari barang-barang mengkilap, para penambang justru mendapati benda yang lain dari kesehariannya. Yakni fosil Tylosaurus yang disebut hidup 70 juta tahun yang lalu, yang mana ditemukan di Pegunungan Bears Paw, Montana, bagian selatan Alberta, Kanada.

Tylosaurus adalah reptil laut purba yang hidup bersamaan dengan zaman dinosaurus. Selain hidup puluhan juta tahun yang lalu, Tylosaurus juga berukuran raksasa layaknya dinosaurus, yaitu dengan panjang sekitar 6 hingga 7 meter.

Kerangka Tylosaurus Hampir Lengkap

Tylosaurus - monster laut purba (Sumber: Museum Paleontologi Royal Tyrrell)

Bagian lain dari kerangka predator tersebut telah lama diawetkan, kecuali bagian siripnya yang masih menghilang. Dengan temuan terbaru ini, kerangka Tylosaurus yang disimpan di Museum Paleontologi Royal Tyrrell hampir lengkap.

"Kami telah berhasil mengumpulkan kerangka Tylosaurus dari kepala hingga bagian ekornya. Kami tidak punya bagian siripnya. Kemungkinan telah membusuk dengan tanah atau dimangsa oleh hewan lain," Ungkap Donald Henderson, kurator Museum Paleontologi Royal Tyrrell di Drumheller, Alberta, Kanada.

Kendati telah terkubur di lumpur, monster raksasa tersebut telah dipelihara dengan baik di museum. Selain itu, hampir seluruh kerangkanya telah ditemukan dan dalam keadaan utuh, meski posisinya sedikit lain dari penampakan aslinya.

"(Kerangkanya) mungkin sedikit busuk ketika tenggelam ke dasar laut. Kelihatannya seperti retak atau patah ketika sampai ke dasar laut. Tapi beruntung bentuknya masih cukup bagus," Ujar Donald Henderson.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mariah Carey Ikuti Bottle Cap Challege dengan Teriakan

Posted: 08 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bottle cap challenge alias tantangan membuka tutup botol tengah ramai diperbincangkan khalayak belakangan ini. Sejumlah selebritas tak mau ketinggalan ikut bottle cap challenge termasuk sang diva, Mariah Carey.

Mariah Carey, diketahui mengunggah video di akun Twitter resminya pada Minggu (7/7/2019). Dalam video itu, Mariah Carey mengenakan gaun hitam lengan panjang dengan dua aksen menyerupai sabuk warna perak mengilat.

Di hadapan Mariah Carey, berdiri sebuah botol bertutup kuning. Semula Mariah Carey memasang kuda-kuda hendak menendang. Usai pasang kuda-kuda, Mariah Carey melengking dengan tangan kiri mendekat ke telinga.

Ajaib! Saat lengkingan terdengar, tutup botol pun terlempar. Botolnya sendiri masih berdiri tegak. "Tantangan diterima #BottleTopChallenge," tulis diva peraih 5 Piala Grammy menyertai unggahan video berdurasi 6 detik itu.

 

Mengguncang Dunia

Konser Mariah Carey (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Video ini mengundang kehebohan. Tak sampai 24 jam, video Bottle Cap Challenge ala Mariah Carey ditonton 18 juta kali dan disukai 1,2 juta warganet.

Lebih dari 419 ribu warganet membagikan ulang video Mariah Carey. Selain itu, 16 ribu orang lebih mengomentari aksi Mariah Carey.

"Yang lain silakan pulang, Mariah Carey-lah pemenang tantangan ini," cetus seorang warganet.

Warganet lain menambahkan, "Lengkingan ini mengguncang dunia!" Yang lain menimpali, "Ini membuktikan bakat Mariah masih mencuri perhatian saya."

Tak Mau Kalah

Terlepas dari dugaan adanya teknik suntingan yang memungkinkan jeritan Mariah Carey membuat tutup botol terlempar, warganet mengagumi ide video ini. Mariah Carey seolah tak mau kalah dengan dua seleb lain yang lebih dulu menjawab tantangan Bottle Cap Challenge, yakni Jason Statham dan Donny Yen.

Jason Statham membuka tutup botol dengan tendangan tanpa membuat botol terjatuh. Donny Yen melakukan cara yang sama namun dengan mata tertutup.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hikayat Ringgit Madura Jadi Ongkos Naik Haji Zaman Dulu

Posted: 08 Jul 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Bangkalan - Musim haji selalu dibumbui kisah-kisah heroik. Salah satunya tentang si miskin yang berdarah-darah agar bisa menunaikan rukun Islam yang terakhir itu.

Dari Palembang menyeruak perjuangan Masrun, tukang ojek asal Blora, Jawa Tengah, yang bertahun-tahun dengan kesabaran berupaya menabung demi bisa naik haji . Ia berupaya keras menabung agar bisa pergi haji bersama Muchsin (97), bapaknya di kampung, yang kemudian tercatat sebagai calon haji tersepuh di Blora.

Dengan biaya Rp 36,5 juta lebih perorang, Masrun harus melunasi total Rp 73 juta untuk dua orang.

"Biaya haji sekarang murah, mahalan dulu," kata Jauhari (70), menanggapi cerita Masrun, Senin, 8 Juni 2019.

Warga Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, ini menunaikan rukun Islam kelima itu pada 1973 silam.

Di tahun itu, Jauhari mengenang, untuk bisa menunaikan ibadah haji harus punya 12 ringgit. Ringgit yang dimaksud bukan mata uang Malaysia, tetapi emas berbentuk bulat berbatang kecil seperti tusuk konde untuk menyanggul rambut perempuan.

Ringgit tersebut merupakan emas murni dengan berat 100 gram. Jika dirupiahkan, saat ini harga 1 ringgit berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 12 juta.

Jauhari mengatakan, jika ongkos naik haji 12 ringgit, maka setara dengan Rp 120 juta per orang. Tentu jauh lebih mahal dibanding ongkos haji saat ini, yaitu Rp 36 juta. Artinya, hanya butuh empat ringgit Madura.

"Kalau 36 juta itu ongkos, maka di Madura bisa habis Rp 50 jutaan dengan biaya selamatan dan oleh-olehnya," tutur Jauhari.

Ringgit: Dari Tusuk Konde hingga Kancing Baju

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron, saat melepas jamaah haji ke tanah suci. (liputan6.com/Musthofa Aldo)

Dulu, di kalangan orang Madura, ringgit atau tusuk konde emas ini hanya digunakan orang kaya di Bangkalan. Ringgit hanya dipakai saat momen-momen spesial seperti acara pernikahan, selamatan, hingga kondangan. Jauhari mengaku, tidak tahu kenapa tusuk konde emas itu dinamai ringgit.

Tapi, saat ini tradisi memakai konde emas mulai banyak ditinggalkan orang Madura. Terutama karena rawan menjadi korban perampokan. Jauhari mengatakan, ringgit kini lebih sering dijadikan alat gadai sawah atau dijadikan simpanan.

Desa Pecinan, Kata Jauhari, adalah pusat pembuat ringgit. Desa itu kini menjadi pusat kota dan merupakan kawasan pertokoan emas yang banyak dihuni keturunan Tionghoa.

"Di sana ada toko emas Sabar, toko paling kuno pembuat ringgit di Bangkalan," kata dia.

Jenis tusuk konde emas atau ringgit ada tiga macam, yaitu Gomi, Mekkah dan Serawak. Yang paling mahal adalah ringgit gomi atau diseut juga ringgit Amerika harganya mencapai Rp 12 juta. Sedang ringgit Mekkah Rp 10 juta dan ringgit Serawak yang termurah Rp 8 juta.

"Harganya akan turun kalau sudah pernah dipakai untuk sanggul rambut," terang Jauhari.

Di bawah ringgit, dikenal juga tusuk konde emas yang disebut rippis. harganya jauh lebih murah karena ukurannya separuh ukuran ringgit, begitu juga beratnya. Jauhari mengatakan, rippis ini biasanya digunakan sebagai kancing baju. "Kalau harga ringgit 12 juta, harga rippis separuhnya," tuturnya.

Alangkah gagahnya, jika kancing baju kita dipasang emas rippis seberat 50 gram.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Transaksi Pembeli Motor Berkedok ST Melalui Media Sosial

Posted: 08 Jul 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Warganet yang ingin membeli sepeda motor berkode ST (STNK Only) sebaiknya berhati-hati. Lantaran, kode ST tersebut berarti motor bodong alias motor tanpa BPKB.

Polres Lumajang menggelar konferensi pers hasil patroli cyber di media sosial dan menangkap tiga orang yang diketahui menjual kendaraan ST (STNK only) atau lebih dikenal sebagai motor bodong.   

Ketiga pelaku warga Lumajang bernama Abdul Haris (29) warga Desa Tempeh Tengah Kecamatan Tempeh, Rohim (37) warga Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung serta Asyari (28) warga Desa Boreng Kecamatan Lumajang.

"Penangkapan ketiga tersangka kami lakukan dengan teknik under cover buy, yaitu menyamar sebagai pembeli," tutur Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, seperti ditulis Selasa (9/7/2019).

Kapolres mengaku yakin pelaku sebenarnya sudah tahu kalau sepeda motor yang dijual adalah hasil kejahatan. Bisa dilihat dari motor yang dijual tidak ada BPKB nya, penjualan dilakukan secara COD (cash on delivery), kemudian pertemuan dengan pembeli selalu di tempat sepi dan di jam-jam tengah malam.

"Jelas sangat menguatkan kalau mereka sangat mengetahui kalau kendaraan yang mereka jual adalah kendaraan hasil kejahatan," ujar dia.

Selanjutnya

Kapolres menyatakan, kalau ingin memutus mata rantai begal dan pencurian kendaraan bermotor di Lumajang, tidak boleh ada toleransi terhadap pemilik kendaraan bodong, karena suplai kendaraan bodong tersebut diperoleh dari hasil kejahatan seperti begal maupun curanmor.

"Berarti semakin banyak permintaan motor bodong, maka semakin tinggi tingkat curanmor dan begal, karena merupakan mata rantai yang saling tersambung," ucapnya.

Kepala Tim Cobra Polres Lumajang, AKP Hasran yang mendampingi Kapolres dalam kegiatan ini mengatakan, penangkapan ini adalah hasil dari pengembangan dari maraknya penjualan motor bodong (ST) di media sosial

"Setelah kami berhasil berkomunikasi dengan tersangka, kami mengajak bertemu dengan pelaku dengan menyamar sebagai pembeli sehingga dengan mudah kami menangkapnya. Kami akan terus tingkatkan operasi motor bodong di facebook, mengingat masih banyak beredar motor bodong di wilayah Lumajang" ujar Hasran.    

Motor ST tersebut tak dilengkapi dengan BPKB, sehingga harga dari motor tersebut sangat miring. Seperti contohnya adalah Mio Soul milik Abdul Haris, ia hanya menjual motor tersebut dikisaran 4 juta rupiah, padahal harga pasaran motor bekas tersebut masih di kisaran Rp 12 juta Sedangkan motor Vixion baru dengan harga Rp 26 juta, di tangan Ashari, ia hanya menjual motor tersebut tak lebih dari Rp 7 juta.

Motor Satria Fu warna hitam yang merupakan barang bukti tersangka Rohim, ia jual seharga Rp 5 juta. Sedangkan di pasaran, motor tersebut dengan tahun yang sama baru bisa didapatkan dengan harga paling murah adalah Rp 10 juta.

 

Kejar-kejaran, Polisi Tangkap 4 Pelaku Pencuri Mobil

Konferensi pers Direskaimum Polda Jatim (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, aksi kejar-kejaran layaknya film action mewarnai penangkapan pelaku pencurian mobil di Pasuruan, Jawa Timur.

Dari hasil pengungkapan tindak pidana tersebut, Subdit III Jatanras Polda Jatim menembak mati satu pelaku bernama Mahmudan (36) warga Kedung Jaya Sememi, Kecamatan Benowo, Surabaya, Jawa Timur.

Selain itu, Polda Jatim juga mengamankan empat tersangka lainnya berinisial NY (29), LK (23) Warga Perum Uka, Benowo Surabaya, DS (24) dan AY (21) keduanya warga Jalan Morowudi Kulon, Cerme, Gresik.

Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gupuh Setiyono mengatakan, polisi terpaksa menembak Mahmudan lantaran saat akan ditangkap pelaku hendak melawan petugas untuk melarikan diri. "Saat melarikan diri, kami tembak yang mengenai punggung dari pelaku," tutur Gupuh, Senin (8/7/2019).

Gupuh menuturkan, sebelum menangkap pelaku polisi dari Subdit III Jatanras Polda Jatim mendapatkan laporan adanya pelaku pencurian mobil yang terjadi di Gresik. Setelah mendapatkan informasi keberadaan pelaku setelah adanya 2 mobil hasil curian Mobilo dan Datsun.

"Saat itu kami langsung mebdapati pelaku tengah bertransaksi menjual mobil hasil curian tersebut di Pasuruan," kata dia.

Saat berusaha menangkap, pelaku hendak mengejar anggota maupun masyarakat yang ada di sekitar TKP akan ditabrak oleh tersangka dalam mobil Datsun. Bahkan, mobil anggota ditabrak.

"Setelah ditabrak, anggota melakukan penembakan ke kaca belakang, sehingga mobil Datsun Go Panca yang warna putih ini yang dikendarai oleh pelaku itu terjerembab ke sawah," ucapnya.

 

Mobil Curian

Setelah itu, dua orang pelaku yang ada di kendaraan tersebut melarikan diri. Polisi kemudian melayangkan tembakan peringatan, tapi pelaku tidak berhenti, sehingga yang satu dilakukan penembakan dan terkena di bagian belakang badan.

"Yang satu di paha. Setelah dibawa ke rumah sakit salah satu pelaku berinisial M, meninggal dunia tadi malam," tuturnya.

Gupuh memaparkan, hasil pengembangan, mobil Mobilio yang turut diamankan adalah dipastikan adalah mobil curian. Dalam mobil tersebut, terdapat tiga orang yang turut diamankan, dan kini dalam pemeriksaan lebih lanjut.

"Nanti akan kami dalami apa saja yang kita dapatkan di dalam mobil hasil kejahatan itu nanti akan kami sampaikan di berikutnya," ujarnya. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan MU Dianggap Cerdas Datangkan Aaron Wan-Bissaka

Posted: 08 Jul 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Scott Guyett memuji langkah Manchester United (MU) mendatangkan Aaron Wan-Bissaka.  Staff pelatih Crystal Palace itu menganggap MU cerdas karena mereka mendapatkan bek muda dengan potensi yang besar.

Musim lalu, Wan-Bissaka menjelma menjadi salah satu bek muda terbaik di Premier League. Ia berhasil tampil menonjol di lini pertahanan Crystal Palace setelah ia menunjukkan kemampuan bertahan yang sangat solid.

Manchester MU tidak tinggal diam melihat talenta muda seperti Wan-Bissaka. Mereka resmi mengamankan jasa sang bek dengan mahar sebesar 50 juta Pounds pada musim panas ini.

Guyett percaya sang bek bakal menjadi pemain yang hebat bagi United untuk jangka waktu yang panjang.

"Saya memang tidak bekerja langsung bersama Aaron sampai ketika ia berlatih bersama tim utama kami beberapa musim yang lalu," buka Guyett kepada Goal International.

"Jika lima tahun yang lalu anda mengatakan bahwa anak ini akan pindah ke MU dengan mahar 50 juta pounds di usia 21 tahun, saya mungkin akan tertawa terbahak-bahak. Namun Aaron bermain dengan sangat baik sejak ia pertama kali berlatih bersama tim utama kami."

"Dia adalah atlet yang luar biasa dan itu terlihat saat ia pertama kali berlatih bersama tim utama kami. Dia adalah satu-satunya pemain yang konsisten mengalahkan Wilfried Zaha dalam duel satu lawan satu."

"Dia cepat, namun tidak secepat kilat, namun ia sangat kuat, sangat lincah dan memiliki timing yang sangat bagus."

 

Kemampuan di Atas Rata-rata

Pemain anyar Manchester United, Aaron Wan-Bissaka (kiri) bersama sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer. (Twitter/Manchester United)

Salah satu atribut permainan yang membuat Guyett terkesan dari Wan-Bissaka adalah kemampuannya untuk melepaskan tekel di waktu yang tepat.

"Terkadang ia membuat banyak hal-hal menakjubkan saat sesi latihan kami. Anda akan menggeleng-gelengkan kepala anda ketika ia melepaskan tekel dan berkata 'Bagaimana mungkin ia bisa melepaskan tekel seperti itu?',"

"Pemain-pemain yang berhati lembut tidak akan mampu melepaskan tekel-tekel seperti itu, karena Aaron adalah seorang pemain yang sangat berdedikasi, dan pindah ke Uniteda dalah sebuah peluang yang besar baginya." tutup sang pelatih.

Sumber: Bola.net

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petinju NTT Pamer Kekuatan Dalam Acara The Border Battle

Posted: 08 Jul 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Acara tinju 'The Border Battle' menjelma menjadi pesta masyarakat Nusa Tenggara Timur. Bagaimana tidak, 6 petinju NTT yang tampil di puncak acara, Minggu (7/7), semuanya meraih kemenangan meyakinkan. Event ini juga menjadi panggung budaya. Sebab, para petinju NTT tampil berbalut kain tradisional, di GOR Flobamora, Kupang, NTT.

'The Border Battle" dibuka dengan pertandingan eksibisi. Laga melibatkan mantan juara dunia tinju asal Indonesia Chris John melawan Gubernur NTT Viktor Laiskodat. The Dragon juga menghadapi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Namun, dua laga ini berlangsung santai dan diwarnai canda. GOR Flobamora yang dipenuhi pengunjung, dibuat riuh dengan laga ini. Termasuk petinju legendaris Indonesia Ellyas Pical yang hadir menggunakan batik.

Sedangkan Para petinju NTT yang tampil di The Border Battle, berasal dari sejumlah daerah. Seperti Kupang, Soe, dan Kefamenanu. Hampir seluruh petinju membawa kain khas daerah mereka masing-masing. Para petinju itu adalah Eman Nahak, Silem Serang, John Ruba, Depry Palulu, dan Tibo Monabesa.

Tampilan berbeda diperlihatkan Maxi Nahak. Ia masuk ring menggunakan Topi Ti'ilangga. Atau, topi khas NTT yang berasal dari Pulau Rote.yang tidak kalah seru, para petinju ini masuk ke dalam ring diiringi lagu daerah NTT, Bejawa.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Muh. Ricky Fauziyani, memberikan apresiasinya. Karena, event sport tourism ini tetap mengangkat potensi daerah.

"Menarik sekali. Karena para petinju berjalan menuju ring diiringi lagu daerah. Tidak itu saja mereka tidak lupa membawa kain daerah. Ini benar-benar luar biasa. Karena, The Border Battle ini event internasional. Ini kejuaraan dunia perebutan gelar. Pesertanya berasal dari beberapa negara. Penontonnya pun wisman crossborder dari Timor Leste," papar Ricky yang menyaksikan langsung rangkaian pertandingan.

Tidak hanya para petinju yang mengenalkan kain tradisional NTT. Para Ring Girl juga tampil trendi dengan pakaian batik bercorak khas NTT.

Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata Hendry Noviardi, mengatakan konsep menarik wisatawan crossborder dengan event ini cukup menarik.

'Ini event yang bagus. Apalagi masyarakat Timor Leste dan NTT cukup senang dengan tinju. Hanya saja, Kemenpar hanya bisa menggelar partai eksibisi saja. Karena kalau prestasi itu sudah ranahnya Kemenpora. Tapi konsep menggelar eksibisi di Festival Crossborder cukup menarik," tutur Hendry.

The Border Battle sendiri termasuk pertandingan resmi internasional. Karena, memperebutkan sejumlah gelar dari IBO dan WBC. Seperti Perebutan Gelar Juara Light Flyweight IBO World Title antara Tibo Monabesa melawan Petinju asal negara bagian Victoria-Australia, Omari Kimweri. Tibo menang angka mutlak.

Ada juga Perebutan Gelar Juara Super Feather IBO International & WBC Asia Title. Di kelas ini petinju Indonesia Depry Palulu menang angka lawan petinju Filipina Ivor. Kemenangan angka diraih petinju Indonesia lainnya, John Ruba, di Perebutan Gelar Juara Super Lightweight IBO Oceania dan WBC Asia Title. John mengalahkan Joepher Montano.

Sedangkan Eman Nahak, Maxi Nahak, dan Silem Serang meraih kemenangan KO dan TKO saat menjalani laga non gelar melawan tiga petinju Timor Leste. Yaitu Pedrinho Dorego, Felipe Atade, dan Jovelio Jose Bruno.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan acungan jempol untuk suksesnya pelaksanaan The Border Battle.

"Kementerian Pariwisata akan mendukung event sport tourism. Khususnya, event yang memiliki potensi mendatang wisatawan mancanegara. Karena, hal ini juga sangat baik buat sektor pariwisata. Berbagai sektor bisa bergerak. Seperti merchandise, kuliner, dan lainnya," tutur Menpar.

Dijelaskannya, sport tourism sangat efektif untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Pertama faktor hadiah. Jelas ini daya tarik utama. Faktor lainnya adalah jadwal yang tidak berubah. Karena atlet atau wisatawan mancanegara harus mengatur waktu jauh-jauh hari. Jadwal yang berubah tidak akan baik dampaknya," terang Mantan Dirut PT Telkom itu.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi Tantang Mark Zuckerberg Balap Paddle, Hadiahnya Saham Facebook

Posted: 08 Jul 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Danau Tahoe - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melayangkan tantangan ke miliarder Mark Zuckerberg untuk balap paddle. Taruhannya? 10 persen dari Facebook.

Tantangan ini dibuat sang menteri ketika Mark Zuckerberg memposting fotonya di atas paddle dengan caption "Tahoe sunset." Danau Tahoe merupakan danau besar di antara California dan Nevada.

Pada kolom komentar, Susi menuliskan:

"Saya juga suka paddling. Ingin sekali memberikanmu tantangan untuk balap paddle dan memenangkan 10 persen Facebook "Jadi saya bisa menjualnya dan menggunakan uang itu untuk membeli beberapa kapal patroli besar untuk melindungi Perairan Indonesia dan kapal ikan yang ilegal, tak dilaporkan, dan tak diregulasi, dan membeli kapal ikan untuk nelayan Indonesia agar mereka bisa memancing lebih banyak dan lebih baik lagi," ujar Menteri Susi yang mengibarkan emoticon bendera Indonesia di akhir komentar.

Sebelumnya, Menteri Susi juga sempat berlomba melawan Sandiaga Uno di Danau Sunter pada Februari lalu. Sandiaga berenang, sementara Susi naik paddle.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck) on

Berdasarkan info GOBankingRates per September 2018, Facebook memiliki nilai USD 138,8 miliar atau Rp 1.961 triliun. Itu berdasarkan harga saham dan market cap Facebook. Maka, 10 persen dari nominal itu bisa mencapai Rp 196 triliun.

Tahun lalu, Mark Zuckerberg berhasil menyelamatkan Facebook dari bermacam skandal mengenai data pribadi. Forbes mencatat kekayaannya saat ini mencapai USD 72,7 miliar (Rp 1.027 triliun). Saham Facebook yang ia pegang adalah sekitar 15 persen.

Menteri Susi pun berjanji akan membuka kesempatan Mark Zuckerberg untuk membeli kembali 10 persen saham itu jika sudah dimenangkan oleh Menteri Susi.

Sekadar informasi, anggaran Kementerian KKP pada 2019 adalah Rp 5,4 triliun. Hingga Juni lalu, KKP telah merealisasikan anggaran sebesar Rp 1,9 triliun.

Menteri Susi: Kesejahteraan Nelayan Terus Meningkat Sejak 2014

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti jelang berbicara pada talkshow Mari Jaga Laut Masa Depan Bangsa di Hall B JCC, Jakarta, Sabtu (6/4). Menteri Susi menghimbau masyarakat, khususnya komunitas pecinta laut untuk terus menjaga keberlangsungan kehidupan di laut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyelenggarakan acara Halal Bihalal di Kantornya. Dalam acara tersebut, dia memaparkan sejumlah capaian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Salah satunya terkait kenaikan Nilai tukar nelayan(NTN) yang merupakan indikator kesejahteraan nelayan.

Menurut dia, Nilai tukar nelayan Bulan Mei 2019 sebesar 113,08. Angka ini naik sebesar 0,64 persen jika dibandingkan bulan yang sama tahun 2018, yaitu dari 112,36.

"Nilai tukar nelayan, nilai tukar Usaha perikanan, nilai tukar pembudidaya harus naik terus. Tidak boleh turun," kata dia, di Kantornya, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

Dia mengatakan, sejak 2014, Nilai tukar nelayan terus mengalami kenaikan signifikan. Hal tersebut, lanjut dia, didukung oleh berbagai program kedaulatan kemaritiman yang sudah dijalankan.

"Saya lihat hari ini luar biasa. Ternyata terus membukukan kenaikan. Tahun 2014 itu di bawah 106. Begitu kita canangkan program kedaulatan kemaritiman, signifikan naik, 106, 108. Tahun 2017, 111, 2018, 113, Mei 2019 113,08," ujarnya.

Dia mengakui bahwa angka nilai tukar nelayan bulan Mei belum begitu memuaskan. Namun hal tersebut disebabkan karena karakteristik usaha penangkapan ikan yang biasanya tidak terlalu baik di awal tahun.

"Awal tahun agak sedikit karena biasanya musim hujan masih berlangsung ikan belum ada. Musim kemarau ikan baru ada. Sementara udang dan lobster musim hujan. Tapi dilihat dari tahun 2014 jauh angkanya. Dan pertumbuhan dalam situasi ekonomi dunia yang slow down," tandasnya.

Menteri Susi Bakal Pangkas Jumlah PNS KKP

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat berbicara pada talkshow Mari Jaga Laut Masa Depan Bangsa di Hall B JCC, Jakarta, Sabtu (6/4). Menteri Susi menghimbau masyarakat, khususnya komunitas pecinta laut untuk terus menjaga keberlangsungan kehidupan di laut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

 Susi Pudjiastutimengungkapkan, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang perlu dibenahi di kementerianya selama menjabat hampir 5 tahun lamanya. Salah satunya ialah berkaitan dengan restrukturisasi organisasi dari KKP.

"Yang sudah direncanakan dan dibicarakan Pak Presiden belum selesai tu adalah restrukturisasi organisasi KKP, baru penggabungan dua Dirjen jadi satu. Golden handshake itu juga diperbaiki, kurangi jumlah PNS di KKP karena dengan kemajuan teknologi, PNS kan memang harus dikurangi," tuturnya kepada Liputan6.com, Senin 8 Juli 2019.

Susi Pudjiastuti menjelaskan, ke depan KKP akan merekrut PNS dengan lulusan cumlaude. Hal ini guna menyaring sumber daya manusia di kementerianya agar semakin unggul.

"Kemudian rekrut yang cumlaude-cumlaude, refresh better quality SDM KKP supaya lebih baik, restrukturisasi organisasi itu dalam internal kkp," terangnya.

Selain itu, tata kelola perikanan tangkap dan perizinan menurutnya masih menjadi fokus pemerintah yang perlu ditingkatkan.

"Perikanan tangkap tata kelola masih harus dibenahi, perizinan, alokasi. Jangan sampai laut RI dikuasai 10 ribu kapal tapi sebenarnya orang-orangnya itu-itu saja. Jangan sampai destructive fishing hancurkan terumbu karang," kata dia.

"Kemudian keberlanjutan, pemerataan dan konservasi-konservasi wilayah perairan yang memang sudah dialokasikan negara untuk komitmennya kepada PBB. Bangun sdm, poltek-poltek tambahan, karena itu sumber pekerjaan baru," tambah Susi Pudjiastuti.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parkir Sembarangan, Pria Ini Temukan Mobil Mewahnya Ditempel Puluhan Pembalut

Posted: 08 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di beberapa negara ada aturan terkait dengan bagaimana orang-orang memarkirkan kendaraan mereka dengan ilegal, atau parkir sembarangan. Tentu saja peraturan tersebut memang dibuat untuk menertibkan para pengendara motor ataupun mobil. Aturan menganai lokasi-lokasi larangan parkir sembarangan juga dibuat agar tak terjadi penumpukan kendaraan yang bisa berakibat kemacetan.

Namun peraturan mengenai dilarang parkir sembarangan ini masih cukup sering dilanggar oleh para pengendara bermotor. Meskipun para pengendara yang melanggar akan mendapatkan sanksi dari pihak berwajib, akan tetapi tak sedikit yang menganggap jika sanksi sosial lebih bisa diandalkan.

Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Selasa (9/7/2009) rupanya pelanggaran menganai parkir sembarangan juga terjadi di Hanoi, Vietnam. Tak sedikit pula orang-orang hanya melewati kendaraan yang terparkir sembarangan.

Namun, seseorang yang terlihat jera melihat sebuah mobil mewah berwarna merah yang parkir sembarangan justru memberikan pelajaran kepada pemilik mobil tersebut. Alih-alih memanggil petugas untuk menertibkannya, ia justru memberikan hadiah tak biasa bagi si pemilik mobil.

Pasang puluhan pembalut di badan mobil

Parkir sembarangan (Sumber: Worldofbuzz)

Sebuah mobil Maserati berwarna merah terlihat parkir sembarangan di jalanan kota Hanoi, Vietnam. Mobil tersebut tentu saja menghalangi kendaraan lain yang ingin masuk ke dalam toko. Melihat ada sebuah mobil yang parkir sembarangan, para pengendara lain dan juga pejalan kaki memilih untuk memberikan sanksi sosial.

Mereka memilih untuk memasang puluhan pembalut dibadan mobil tersebut. Mulai dari kap, bumper, bagian atap, kaca hingga pintu mobil. Tak tanggung-tanggung mereka justru memasang pembalut bersayap pada mobil tersebut.

Namun, meski sanksi sosial diberikan, akan tetapi sampah plastik pembungkus pembalut tersebut justru berserakan di mana-mana. Tentu saja pemandangan tersebut tak enak dipandang.

Terkesan lucu

Parkir sembarangan (Sumber: Worldofbuzz)

Tentu saja pemasangan pembalut wanita pada mobil tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan pemilik mobil. Saat sang pemilik mobil kembali dari toko minuman, ia pun cukup terkejut melihat mobil mewahnya terpasang oleh puluhan pembalut. Bahkan, sang pemilik mobil tersebut terlihat mencoba melepaskan pembalut tersebut dari badan mobil.

Namun sepertinya lem pada pembalut yang menempel di badan mobil cukup kuat. Sehingga ia menyerah untuk melepaskan pembalut tersebut. Bahkan, ia langsung membawa mobilnya pergi dari lokasi tersebut.

Namun, tentu saja tak sedikit warga yang telah berhasil mengabadikan bagaimana mobil dengan pembalut tersebut. Bahakan ada pula yang melemparkan candaan jika mobil tersebut bisa saja terbang karena terpasang pembalut bersayap cukup banyak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: