Selasa, 30 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pelatih Timnas Putri AS Mundur Usai Pertahankan Gelar Juara Dunia

Posted: 30 Jul 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih kepala Timnas Putri Amerika Serikat, Jill Ellis, secara mengejutkan memilih mundur dari jabatannya. Wanita berusia 52 tahun itu meninggalkan jabatannya setelah sukses dua kali secara beruntun membawa timnas Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia Wanita

Ellis, wanita kelahiran Portsmouth, mengawali kariernya sebagai pelatih kepala timnas putri AS, pada 2014 lalu. Setahun kemudian, Ellis sukses membawa pasukannya merebut Piala Dunia 2015. Ini adalah gelar Piala Dunia perdana AS setelah menanti 16 tahun lamanya. 

Empat tahun kemudian, Ellis kembali mempersembahkan trofi yang sama bagi Negeri Paman Sam setelah menjuarai Piala Dunia 2019 usai mengalahkan Belanda 2-0 di babak final. 

"Waktunya sudah tepat untuk pergi," katanya kepada situs resmi US Soccer. 

"Saat saya menerima posisi pelatih kepala, ini kerangka waktu yang ada di benak saya."

Masa kerja Ellis akan berakhir usai menjalani Tur Kemenangan, awal Oktober 2019. Sejak ditangani Ellis, timnas putri AS, menang 102 kali, tujuh kali imbang, dan 18 kali kalah. 

"Progam ditujukan agar tetap di puncak sepak bola putri. Perubahan, sesuatu yang selalu ingin saya lakukan dalam hidup saya dan keluarga. Ini adalah momen tepat," katanya. 

 

 

Jadi Duta Sepak Bola AS

Pelatih Timnas Amerika Serikat, Jill Ellis tengah berbincang dengan pemainnya (AFP/Frank Fife)

Meski mundur, Ellis tidak akan meninggalkan timnas putri AS. Setidaknya Ellis bakal mendapat kehormatan menjadi duta bagi federasi sepak bola Amerika Serikat. Tugasnya adalah sebagai pembicara yang mewakili federasi di berbagai acara atau pertemuan. 

"Jill sangat bersemangat mengenai tim, analisis, sangat fokus, dan tidak takut mengambil keputusan sulit sembari memberi kebebasan bagi para pemainnya untuk menunjukkan kekuatan mereka," ujar Presiden Federasi Sepak Bola AS, Carlos Cordeiro.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trailer Film Jumanji: The Next Level Sajikan Keseruan Berbeda

Posted: 30 Jul 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun 2019, film petualangan Jumanji kembali hadirkan lanjutannya yang bertajuk Jumanji: The Next Level. Dalam sekuel Jumanji: Welcome to the Jungle ini menampilkan sesuatu yang berbeda dan menarik.

Pada film Jumanji: The Next Level, gim yang sudah rusak akhirnya diperbaiki kembali oleh Spencer (Alex Wolff) sampai akhirnya ia menghilang. Martha (Morgan Truner), Fridge (Ser'Darius Blain), dan Bethany (Madison Iseman) datang dan melihat gim tersebut sudah kembali berfungsi.

Akhirnya mereka kembali terhisap kedalam gim Jumanji. Menariknya, kali ini dua kakek-kakek yang diperankan aktor senior Danny DeVito (Kakek Spencer) dan Danny Glover ikut masuk ke dalam permainan.

Ingin tahu keseruan petualangan mereka dalam film Jumanji: The Next Level? Dikabarkan, film ini akan dirilis di Amerika Serikat pada 13 Desember 2019. Untuk lihat trailernya, langsung saja saksikan di channel Sony Pictures Indonesia di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Imbau Kepala Daerah Evaluasi RPJMD

Posted: 30 Jul 2019 10:37 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Forum Pembangunan Daerah (FPD) 2019 menjadi momentum penting, untuk mengevaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan rencana kerja strategis di setiap kabupaten/kota. Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Meski pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat sudah lebih baik dari angka pertumbuhan ekonomi nasional, pemerataan pendapatan dan pengentasan kemiskinan di Jawa Barat masih perlu ditingkatkan.

Pemerataan pendapatan dan pengentasan kemiskinan sendiri termasuk satu dari tiga pilar Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif (IPEI). Dilansir Bappenas, Jawa Barat dengan IPEI 5,93 menempati urutan ke-12 dari 34 provinsi, lebih rendah ketimbang Sumatera Barat hingga Jawa Tengah.

"Kami mendapat catatan bahwa pertumbuhan ekonomi Jabar sangat baik yakni 5,6 persen, tapi indeks ekonomi inklusif masih kurang," kata Ridwan Kamil (Emil) saat memberikan paparan di Kantor Bappeda Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (30/7).

"Artinya, evaluasi bahwa ekonomi yang ngebut ini jangan hanya dinikmati oleh mereka yang punya akses dan opportunity yang mudah, misal menengah ke atas atau berpendidikan. Sementara yang menengah ke bawah dan daerah kurang infrastruktur, kurang (menikmati)," tambahnya.

Dalam FPD dengan tema Pembangunan Ekonomi Inklusif untuk Penurunan Kemiskinan yang Berkelanjutan di Jawa Barat kerja sama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan SMERU Research Institute itu, Ridwan Kamil (RK) bertekad meningkatkan ekonomi inklusif Jawa Barat salah satunya lewat sektor pariwisata.

Lewat industri pariwisata dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, Emil mengatakan akan muncul efek pengganda (multiplier effect) bagi perekonomian setiap daerah sehingga bisa mewujudkan ekonomi inklusif di Tanah Pasundan.

"Kalau saya boleh tawarkan, identitas Jabar cenderung pariwisata. Multiplier effect-nya inklusif, dari tukang parkir, warung ke restoran, hotel kecil atau homestay naik sedikit ada hotel besar. Saya titip, Jabar ini alamnya indah, saya perintahkan Disparbud bikin 10 lokasi unggulan tiap daerah. 27 kali 10, ada 270 potensi daerah wisata," tutur Emil.

Sementara untuk mengentaskan kemiskinan, RK berujar Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar memiliki berbagai program di antaranya lewat Kredit Mesra (Masjid Sejahtera), OVOC (One Village One Company), OPOP (One Pesantren One Product), hingga Desa Digital.

Program-program mikro tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan demi mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif, stabilitas makro ekonomi, serta mengembangkan infrastruktur di wilayah tertinggal.

"Kami bertekad ekonomi inklusif harus berhasil, jadi mesin pembangunan cepat, juga merangkul semua yang terlibat. Kalau hanya cepat tapi dikuasai kelompok, saya kira itu bukan ekonomi Pancasila juga. Karena ekonomi inklusif ini penerjemahan Sila Kelima yakni Keadilan Sosial bagi Rakyat Indonesia," kata Emil.

"Hasil dari acara ini, kami akan evaluasi RPJMD, rencana kerja strategis, dan lain-lain. Pelajari rapor masing-masing di daerah, introspeksi untuk jadi program. Kami, provinsi, (tugasnya) akan evaluasi APBD agar tujuan akhir berhasil," ujarnya mengakhiri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Jokowi, Gerindra Tawarkan Konsep Bukan Kader untuk Menteri

Posted: 30 Jul 2019 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengaku, partainya tidak pernah menyodorkan nama-nama calon menteri kepada Presiden Jokowi.

Dasco menerangkan, dalam pertemuan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan Jokowi, serta Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, mantan Danjen Kopassus itu menawarkan sebuah konsep apabila Gerindra diminta membantu pemerintah.

"Sementara belum ada. Kami tidak bicara orang per orang kami masih bicara konsep membantu pemerintah kalau dianggap perlu membantu pemerintah," ujar Dasco melalui pesan singkat, Rabu (31/7/2019).

Dasco menyebut, ada tiga konsep yang diajukan kepada Jokowi. Konsep ketahanan pangan, energi, sampai ketahanan ekonomi. Menurut Dasco, saat menawarkan konsep itu, Prabowo tidak menyertakan nama kader Gerindra untuk menjadi menteri.

"Konsep mengenai ketahanan pangan, energi, ketahanan ekonomi ini yang sedang kami siapkan. Kami tidak bicara orang per orang dan belum sodorkan nama-nama," ucapnya.

 

Jokowi Butuh Menteri Berani

Presiden RI terpilih 2019-2014, Joko Widodo saat menyampaikan pidato Visi Indonesia di SICC, Sentul, Kab Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019). Acara ini dihadiri sejumlah menteri kabinet kerja serta Wakil Presiden terpilih 2019-2024, KH Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku, sudah mempersiapkan menteri yang berani untuk memimpin lembaga dan kementerian. Tujuannya, agar meningkatkan kinerja para aparatur sipil negara (ASN).

"Oleh sebab itu, butuh menteri-menteri yang berani," tegas Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu 14 Juli 2019.

Jokowi pun mengimbau kepada semua seluruh jajaran pemerintahan untuk membangun nilai-nilai baru dalam bekerja. Harapannya, agar para pekerja bisa mengikuti perkembangan zaman, tentunya yang menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

"Ini menuntut kita untuk beradaptasi pada perkembangan zaman," ucap Jokowi.

Jokowi mengaku, perlu adanya reformasi di sistem birokrasi Indonesia. Misalnya dengan menyederhanakan lembaga hingga pola kerja yang tidak inovatif.

"Reformasi struktural agar lembaga menjadi sederhana, semakin simpel, semakin lincah. Kalau pola pikir, kalau mindset birokrasi tidak berubah, saya pastikan akan saya pangkas," ungkap Jokowi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Persija, Giliran Persib Terusik Teror Pendukung Tuan Rumah

Posted: 30 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teror suporter tuan rumah kembali mengusik tim tamu. Setelah sebelumnya menimpa Persija Jakarta saat bertandang ke markas PSM Makassar, kini giliran Persib Bandung yang menerima perlakuan yang sama saat menyambangi markas Arema FC, Malang, Jawa Timur. 

Persib bertandang ke Malang untuk menjalani laga tunda Shopee Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Selasa (30/7/2019). Dalam laga ini, Persib menyerah dengan skor telak 1-5. 

Bukan hanya kekalahan yang membuat Persib kecewa. Maung Bandung juga menyesalkan berbagai kejadian yang mereka alami sebelum pertandingan. Persib bahkan secara resmi melaporkan Panpel Arema FC kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pengelola liga.

Seperti dilansir situs resmi Persiba, terdapat lima butir keterangan dalam surat bernomor  22/DIR-PBB/VII/2019. Salah satunya terkait aksi teror yang dilakukan oknum suporter Arema FC pada saat Persib melakukan latihan resmi sehari sebelum pertandingan. 

Dalam suratnya Persib menyebutkan, sejumlah pendukung Arema FC menyalakan mercon/petasan dan berbicara kasar ke arah bus yang mereka tumpangi menuju hotel.

Selain itu, pada Selasa dini hari (02.30 WIB) oknum pendukung Arema FC juga menyalakan petasan dan mercon di sekitar hotel tempat Persib menginap sehingga mengganggu istirahat para pemain. Petugas keamanan hotel gagal menghentikan aksi ini hingga terus berlangsung selama 1 jam. Menurut Persib, aksi itu telah mengganggi kondisi fisik pada pemainnya.

Pada poin ketiga, Persib juga melaporkan keterlambatan perjalanan menuju lokasi pertandingan pertandingan. Selain kepada PT LIB, surat ini juga ditembuskan kepada Plt Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, Sekjen PSSI Pusat, Ratu Tisha Destria, Ketua Umum Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

 

 

Teror kepada Persija

Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, menggiring bola saat melawan PSM Makassar pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebelumnya, Persija juga mengalami kejadian yang mirip saat bertandang ke kandang PSM Makassar. Kedua tim rencananya akan bertarung pada leg kedua babak final Piala Indonesia, Minggu (29/7/2019). Namun PSSI belakangan membatalkannya karena alasan keamanan. 

Sinyal ketidakjelasan status duel PSM vs Persija sebenarnya sudah tercium sejak Sabtu malam (27/7/2019) sore WITA. Manajer Macan Kemayoran, Ardhi Tjahjoko meminta PSSI mengubah jadwal pertandingan karena tidak mendapat jaminan keamanan dari tuan rumah.

Persija menurutnya merasa terancam setelah dua teror menyambangi tim ibu kota selama berada di Makassar. Teror pertama dialami pada Jumat malam. Saat Ismed Sofyan dan kawan-kawan sedang tertidur lelap, tiba-tiba terdengar bunyi petasan dan knaplot sepeda motor yang meraung-raung di luar hotel. Namun insiden ini tidak berlangsung lama.

Teror kemudian berlanjut sore harinya. Selepas Macan Kemayoran menjajal rumput Andi Mattalatta Mattoangin dalam sesi latihan resmi, bus yang mengangkut para pemain Persija dilempari hingga kacanya pecah. Akibatnya, beberapa orang di dalam bus menjadi korban, termasuk dua pemain, Ryuji Utomo dan Marko Simic yang terkena serpihan kaca.

Persija juga merasa tidak nyaman dengan serangan verbal yang marak dilancarkan melalui media sosial. Atas dasar kejadian-kejadian ini, Ardhi mengultimatum PSSI untuk menjadwalkan ulang laga di tempat netral. Dia juga memberi opsi lain, yakni Macan Kemayoran bersedia bertanding sesuai jadwal asalkan berlangsung tanpa penonton.

PSSI telah memutuskan, duel ini akan digelar pada 6 Agustus mendatang. 

 

 

 

Surat Laporan Persib ke PT LIB

Persib Bandung Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Berikut ini lima butir permohonan PERSIB yang ditanda tangani oleh Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono:

1. Bahwa pada hari Senin, 29 Juli 2019 pukul 15.30-16.30 WIB, Tim PERSIB Bandung melaksanakan Official Training (OT) di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Setelah Tim PERSIB Bandung melaksanakan OT pada saat ofisial & pemain naik bus pariwisata untuk kembali ke hotel, oknum pendukung tim Arema FC menyalakan mercon/petasan yang diarahkan ke bus pariwisata dan berbicara kasar.

2. Bahwa pada hari Selasa, 30 Juli 2019 pukul 02.30 WIB, oknum pendukung tim Arema FC menyalakan mercon/petasan di sekitar hotel tempat menginap Tim PERSIB Bandung sehingga mengganggu jam tidur dan istirahat ofisial dan pemain Tim PERSIB Bandung dan petugas keamanan hotel tidak bisa memberhentikan kejadian menyalakan mercon/petasan yang terjadi lebih kurang 1 jam. Kejadian ini sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik pemain Tim Persib Bandung karena waktu tidur dan istirahatnya sangat terganggu.

3. Bahwa pada hari Selasa, 30 Juli 2019 sekitar pukul 13.30 telah terjadi kesepakatan dengan panpel Arema FC bahwa tim Persib akan berangkat dari hotel pukul 15.30 dengan mengendarai bus menuju hotel terdekat dari Stadion Kanjuruhan, untuk kemudian berpindah ke kendaraan Rantis milik Kepolisian. Akan tetapi, Tim PERSIB masih belum bisa berangkat ke stadion Kanjuruhan karena adanya miskomunikasi oleh panpel berdasarkan surat Rekomendasi Izin Keramaian No: Rek/000099/VII/YAN.2.1/2019DITINTELKAMKapolda (terlampir), sehingga Tim Persib baru berangkat dari hotel pukul 16.29 dengan menggunakan kendaraan Rantis (meskipun kami tidak setuju menggunakan kendaraan Rantis menuju stadion Kanjuruhan).

4. Terlampir disampaikan video tayangan-tayangan kejadian tersebut diatas.

5. Kejadian tersebut diatas bukanlah kejadian yang pertama, karena tahun lalu, pelatih kepala Tim PERSIB Bandung juga mengalami pendarahan di kepala karena adanya pelemparan botol oleh oknum supporter Arema Malang.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon agar PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan evaluasi atas kejadian-kejadian tersebut dengan harapan supaya tidak terjadi peristiwa-peristiwa yang tidak nyaman tersebut, baik kepada Tim PERSIB Bandung, maupun klub- klub lain peserta kompetisi PSSI Liga 1 2019.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Flashmob Zumba di Hari Pernikahan, Curi Perhatian Hotman Paris

Posted: 30 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Zumba merupakan olahraga yang akhir-akhir ini menjadi populer di Indonesia. Karakter zumba yang ceria membuat olahraga ini digemari oleh berbagai jenis usia, mulai dari anak muda hingga orang-orang paruh baya. Umumnya Zumba dilakukan di studio senam atau pusat kebugaran dengan dipandu oleh instruktur. 

Tapi lain halnya dengan zumba yang satu ini, zumba yang satu ini terbilang cukup unik. Pasalnya, bukan dilakukan di sebuah studio atau pun pusat kebugaran, zumba ini ada di momen yang sakral yakni pernikahan.  Uniknya lagi, mempelai wanitanya lah yang menjadi memandu zumba tersebut. Tak menggunakan baju senam, namun wanita tersebut masih lengkap dengan baju adatnya.

Tak sendiri, mempelai wanita yang diketahui bernama Oktiya Haniarti ini bersama para bridesmaid melakukan flash mob zumba diantara tamu undangan yang hadir. Penasaran kan seperti apa aksi mempelai wanita lakukan zuma di hari pernikahannya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/7/2019).

Menari zumba di hari pernikahannya

Pernikahan adalah momen yang sangat sakral bagi setiap orang yang menjalankan. Biasanya setiap pasangan akan membuat momen pernikahannya menjadi momen yang tak terlupakan. Salah satunya seperti resepsi pernikahan yang satu ini. 

Pernikahan Oktiya Haniarti dan Gilang Herlambang menjadi topik hangat yang diperbincangkan warganet. Pasalnya pernikahan yang dihelat pada Minggu (28/7/2019) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat ini ada aksi flashmob zumba di momen pernikahannya. 

Tak menggunakan baju senam, namun sang mempelai wanita tersebut masih lengkap dengan baju adatnya. Meski menggunakan jarik namun Oktiya terlihat lincah menari zumba. Menariknya lagi, ia tak sendiri melakukan aksi zumba tersebut, ditemani dengan para bridesmaid dengan kebaya abu-abu, mereka kompak menari zumba. Wah keren abis ya! 

Ternyata, setelah ditelusuri Oktiya Haniarti, sang mempelai wanita memang seorang instruktrur zumba. Maka wajar saja jika ia tetap lincah menari dan sangat menikmati momen tersebut.

Hotman Paris Beri Komentar

Hotman Paris Hutapea © KapanLagi.com/Budy Santoso

Tak disangka momen pernikahan ini pun lantas viral di media sosial.  Akun twitter @sheque yang mengunggah pertama kali hingga viral di media sosial.  Di unggah pada Minggu (28/7/2019) video Zumba tersebut mendapatkan setidaknya 14 ribu retweet dan 24 ribu likes.  Beberapa warganet pun memuji akan aksi pengantin tersebut.

"I luv baju adat jawa modelan jadul" ujar  everybodysayyeah_

"Kocyaaak, jgn lupa ntr kalo nikahan kaya gini ya" ujar  zensashaaa

"Pengen punya istri se fleksibel gitu"  taufikadhi

Tak hanya warganet saja yang memberikan komentar, pengacara kondang Hotman Paris juga turut memberi komentar akan aksi unik tersebut.  Dalam laman instagramnya, Hotman mengunggah video tersebut. Ia bahkan meminta berkenalan dengan mempelai wanita. 

"Kenalan donk cewek cewek? Ajarin aku gaya dansamu! Capek dansa gimana kuat malam pengantin?"

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Besok Dibuka, Bagaimana Kondisi Terkini Tangkuban Parahu?

Posted: 30 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari Kamis (1/8) rencananya lokasi wisata Tangkuban Parahu akan kembali dibuka. Saat ini petugas masih bekerja keras bersihkan abu vulkanik. Simak kondisi terkininya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LPS Turunkan Bunga Jaminan Simpanan Rupiah Sebesar 25 Bps

Posted: 30 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rapat Dewan Komisioner (RDK) Lembaga Peniamin Simpanan (LPS) pada hari Senin 29 Juli 2019, telah melakukan evaluasi dan penetapan atas tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (valas) di Bank Umum serta untuk simpanan dalam rupiah di Bank Perkreditan Rakyat. Rapat tersebut memutuskan untuk menurunkan tingkat bunga penjaminan LPS untuk simpanan rupiah.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Halim Alamsyah menyebutkan pada rapat tersebut ditetapkan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan Rupiah di bank umum dan simpanan Rupiah di BPR masing-masing turun sebesar 25 bps, sementara untuk valuta asing pada bank umum tidak berubah (tetap).

"Tingkat Bunga Penjaminan tersebut berlaku sejak tanggal 31 Juli 2019 sampai dengan 25 September 2019," kata dia di kantornya, Rabu (31/7/2019).

Dia mengungkapkan rincian untuk simpanan di Bank Umum dalam Rupiah yaitu 6,75 persen dari semula 7,00 persen. Sementara valuta asing 2,25 persen. Sedangkan untuk simpanan rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar 9,25 persen dari semula 9,50 persen.

Dia mengungkapkan perubahan tingkat bunga penjaminan simpanan didasarkan pada beberapa pertimbangan. Pertimbangan tersebut antara lain suku bunga simpanan perbankan terpantau berada di level yang stabil dan potensial untuk turun, kondisi dan risiko likuiditas perbankan relatif terjaga di tengah tren perbaikan pertumbuhan simpanan, dan stabilitas sistem keuangan (SSK) domestik terpantau stabil sejalan dengan meredanya volatilitas di pasar keuangan.

"Mempertimbangkan bahwa perubahan suku bunga kebijakan moneter dan dinamika berbagai faktor ekonomi serta prospek likuiditas ke depan masih cukup dinamis, LPS akan terns melakukan pemantauan terhadap perkembangan suku bunga simpanan perbankan," ujarnya.

 

Terus Dievaluasi

Tumpukan uang di ruang penyimpanan uang BNI, Jakarta, Senin (2/11/2015). Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan dengan nilai di atas Rp2 M pada bulan September mengalami peningkatan . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selanjutnya, LPS akan melakukan evaluasi serta penyesuaian terhadap kebijakan tingkat bunga penjaminan sesuai dengan perkembangan suku bunga simpanan perbankan dan hasil asessmen atas perkembangan kondisi ekonomi, likuiditas, serta stabilitas sistem keuangan.

Sesuai dengan Peraturan LPS, bank wajib memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai tingkat bunga penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi dimaksud pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan.

"Apabila nasabah penyimpan menerima hasil bunga melebihi tingkat bunga penjaminan LPS, simpanan nasabah tidak memenuhi kriteria penjaminan LPS," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lenovo Punya Paten Smartphone Slider, Seperti Apa Penampakannya?

Posted: 30 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lenovo dilaporkan telah mendapatkan dua paten baru. Keduanya untuk varian smartphone dengan desain slider yang berbeda.

Dilansir GSM Arena, Rabu (31/7/2019), Lenovo mengajukan sketsa smartphone tersebut kepada Chinese National Intellectual Property Administration (CNIPA), yang memperlihatkan desain slider akan masuk ke dalam portofolio perusahaan.

Paten smartphone Lenovo dengan desain slider (Foto: screenshot via GSM Arena)

Berdasarkan gambar yang beredar, smartphone Lenovo itu tampak hanya memiliki dua kamera di bagian belakang bodi. Kemudian ada satu kamera selfie ketika ponsel dalam posisi slide atau digeser.

Pada gambar kedua, smartphone tampak memiliki lebih banyak kamera. Ada dua kamera selfie, dan tiga kamera di bagian belakang. Secara keseluruhan, perangkat ini tampak mirip dengan Moto Z, tapi dengan desain slider.

Sejauh ini belum ada informasi tentang spesifikasi kedua varian smartphone tersebut. Namun, menurut laporan, keduanya kemungkinan akan memiliki kamera utama dengan resolusi 48MP dan pemindai sidik jari di dalam layar.

Lenovo Rilis Dua Model Laptop ThinkBook untuk Pekerja Milenial

Lenovo baru saja memperkenalkan laptop baru dengan seri Thinkbook (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Lebih lanjut, Lenovo beberapa hari lalu mengumumkan sub-brand laptop terbaru untuk pasar Indonesia yakni ThinkBook. Laptop seri ThinkBook ini ditujukan untuk para pekerja milenial, dan hadir dalam dua model,  Thinkbook 13s dan 14s.

Kehadiran laptop ini, menurut Country General Manager Lenovo Indonesia, Budi Janto, tidak lepas dari riset yang sudah dilakukan oleh Lenovo dalam dua tahun terakhir. 

"Hasil dari riset kami menunjukkan 60 persen pekerja saat ini merupakan generasi milenial, dan laptop merupakan perangkat penting," tutur Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Oleh sebab itu, ThinkBook tidak hanya hadir dengan desain yang apik, tapi memiliki performa superior. Budi menuturkan, desain dan performa merupakan faktor penting yang dibutuhkan para pekerja milenial.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Margot Robbie Tampil Seksi Bergaun Oranye Tipis di London

Posted: 30 Jul 2019 10:30 PM PDT

Aktris Margot Robbie berpose dengan Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt saat menghadiri premier film Once Upon a Time In Hollywood di sebuah bioskop di London, Inggris (30/7/2019). (AP Photo/Joel C Ryan)

Aktris Margot Robbie berpose dengan Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt saat menghadiri premier film Once Upon a Time In Hollywood di sebuah bioskop di London, Inggris (30/7/2019). (AP Photo/Joel C Ryan)

Aktris Margot Robbie tiba menghadiri premier film Once Upon a Time In Hollywood di sebuah bioskop di London, Inggris (30/7/2019). Margot Robbie tampil seksi menggenakan gaun oranye tipis Oscar de la Renta untuk menyesuaikan musim panas di eropa. (AP Photo/Joel C Ryan)

Aktris Margot Robbie tiba menghadiri premier film Once Upon a Time In Hollywood di sebuah bioskop di London, Inggris (30/7/2019). Margot Robbie tampil seksi menggenakan gaun oranye tipis Oscar de la Renta untuk menyesuaikan musim panas di eropa. (AP Photo/Joel C Ryan)

Ekspresi Margot Robbie saat tiba menghadiri premier film Once Upon a Time In Hollywood di sebuah bioskop di London, Inggris (30/7/2019). Margot Robbie tampil seksi menggenakan gaun oranye tipis Oscar de la Renta untuk menyesuaikan musim panas di eropa. (AP Photo/Joel C Ryan)

Ekspresi Margot Robbie saat tiba menghadiri premier film Once Upon a Time In Hollywood di sebuah bioskop di London, Inggris (30/7/2019). Margot Robbie tampil seksi menggenakan gaun oranye tipis Oscar de la Renta untuk menyesuaikan musim panas di eropa. (AP Photo/Joel C Ryan)

Aktris Margot Robbie tersenyum saat menghadiri premier film Once Upon a Time In Hollywood di sebuah bioskop di London, Inggris (30/7/2019). Margot Robbie tampil seksi menggenakan gaun oranye tipis Oscar de la Renta untuk menyesuaikan musim panas di eropa. (AP Photo/Joel C Ryan)

Aktris Margot Robbie tersenyum saat menghadiri premier film Once Upon a Time In Hollywood di sebuah bioskop di London, Inggris (30/7/2019). Margot Robbie tampil seksi menggenakan gaun oranye tipis Oscar de la Renta untuk menyesuaikan musim panas di eropa. (AP Photo/Joel C Ryan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Majalah Pria Dewasa, Ini 4 Fakta Menarik tentang Elvia Cerolline Kekasih Billy Syahputra

Posted: 30 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah putus dari Hilda Vitria, Billy Syahputra tak butuh waktu lama untuk mencari penggannti. Ia kini melabuhkan hati ke dara cantik bernama Elvia Cerolline.

Meski awalnya sempat malu-malu, namun Billy Syahputra perlahan mulai menunjukan kebersamaannya dengan Elvia Cerolline ke publik. Beberapa kali mereka tampil bersama baik itu di media sosial ataupun layar kaca.

Berikut beberapa fakta-fakta menarik tentang Elvia Cerolline yang kini menjadi kekasih Billy Syahputra

1. Model

Nama Elvia  Cerolline sedang menjadi topik pembicaraan di tengah warga net. Selepas Billy Syahputra membenarkan bahwa Ia berpacaran dengan Elvia (Liputan6.com/IG/elviacerolline)

Elvia Cerolline mengawali kariernya sebagai seorang model pada tahun 2012.

Ia pernah mengikuti ajang pencarian bakat model, Girls Next Door FHM 2013.

Perempuan seksi ini kerap mengisi beberapa majalah dewasa dengan pose menawan.

 

2. Selebgram

Elvia Cerolline - Billy Syahputra (Sumber: Instagram/elviacerolline)

Elvia Cerolline juga dikenal sebagai seorang selebgram. Wajahnya yang cantik banyak memukau kaum Adam.

Ia kerap mengunggah foto-fotonya di Instagram. Wanita berwajah oriental itu juga diendors oleh beberapa produk kecantikan juga pakaian wanita.

Saat ini Elvia Cerolline mulai merambah sebagai YouTuber.. 

 

3. Bertato

View this post on Instagram

Beach more, worry less .. 🛥

A post shared by EC (@elviacerolline) on

Selain cantik ternyata Elvia Cerolline memiliki tato. Hal itu diketahui melalui unggahan foto-fotonya di Instagram.

Kekasih baru Billy Syahputra itu memiliki tato dibagian lengan tangan kananya dan juga di sekitar wilayah dada. 

4. Jago Masak

Billy Syahputra dan Elvia Cerolline (Sumber: Instagram/elviacerolline)

Tak hanya cantik, Elvia Cerolline ternyata juga jago memasak. Hal itu diungkapkan Billy Syahputra yang kagum dengan kekasihnya yang pandai mengolah masakan.

"Anaknya pinter masak," ujar Billy Syahputra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantau Situasi Uighur di Xinjiang, Turki Siap Kirim Tim Pengamat

Posted: 30 Jul 2019 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Ankara - Turki mengumumkan tengah bersiap untuk mengirim "tim pengamat" ke provinsi terbarat China, Xinjiang, rumah bagi etnis minoritas Uighur yang sedang menjadi sorotan.

Pengumuman itu datang dari Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu yang mengatakan bahwa pengiriman tim dilakukan setelah Ankara membahas situasi Uighur dengan Tiongkok, Reuters melaporkan seperti dikutip dari situs berita Turki Ahval News, Rabu (31/7/2019).

Sejak kerusuhan di Xinjiang pada 2009, China telah meningkatkan kehadiran polisi di wilayah tersebut dan mendirikan apa yang disebutnya "fasilitas pendidikan vokasional" untuk orang Uighur dan sekelompok etnis minoritas lain, seperti Kazakh dan Kirgiz.

Panel HAM PBB pada Agustus 2018 menyebut bahwa setidaknya "jutaan" orang Uighur di Xinjiang ditampung dalam fasilitas tersebut.

Terkait kehadiran fasilitas itu, kelompok-kelompok hak asasi seperti Human Rights Watch (HRW) menuduh Beijing melakukan kampanye massal pelanggaran sistematis hak asasi manusia terhadap Uighur yang masuk dalam kelompok Bangsa Turk.

Tetapi, China menjustifikasi kehadiran fasilitas itu, yang disebutnya sangat diperlukan untuk menanggulangi benih-benih "separatisme, radikalisme dan ekstremisme."

Konsistensi Turki

Para

Turki adalah satu-satunya negara Muslim yang secara konsisten menyatakan keprihatinan tentang situasi di Xinjiang, termasuk baru-baru ini Februari, ketika Ankara menggambarkan fasilitas itu sebagai "noktah besar bagi kemanusiaan" dan meminta Beijing untuk menutupnya.

Namun, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dikutip oleh televisi pemerintah China mengatakan bahwa orang-orang di wilayah Xinjiang "hidup bahagia dalam pembangunan dan kemakmuran China," selama kunjungan resmi ke negara itu awal bulan ini.

Diperkirakan 35.000 orang Uighur tinggal di Turki, yang telah menjadi tempat aman (safe haven) bagi eksil dari Xinjiang sejak 1960-an.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cashback Menarik untuk Nasabah Baru J Trust Bank yang Beli Tiket Jicomfest 2019

Posted: 30 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Jakarta International Comedy Festival (JICOMFEST) 2019, komedi festival pertama dan terbesar di Indonesia sudah di depan mata. Deretan komika ternama dari dalam dan luar negeri siap menghibur para penikmat stand up comedy pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Komedian serta selebriti papan Tanah Air seperti Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Adjis Doa Ibu, dan Deddy Corbuzier siap tampil di Spesial Show dengan Roasting Night. Begitu juga dengan Raditya Dika yang siap meroasting Youtuber di Spesial Show.

Deretan Komika wanita pun tak kalah eksis dengan tagline Women On Top. Arie Keting dan kawan-kawan juga bakal mengajak para pengunjung  "Mati ketawa ala melanesia".  Masih belum cukup, Abdel dan Indro Warkop pun nantinya akan meramaikan sesi komedi musikal. Menarik juga untuk disaksikan dan pertama kali live di Indonesia adalah aksi kocak dua komedian internasional, yakni Maz Jobrani dan Yumi Nagashima, serta tiga komika asal Malaysia.

Intinya, selama dua hari penuh para penonton dapat menyaksikan sendiri penampilan komika di beberapa stage yang berbeda. Di antaranya ada Bang Ben Stage, Bing Stage, DKI Stage, dan khusus di hari kedua akan ada juga Music Stage yang akan menampilkan Disko Pantera dan Musikodian.

Tak ingin ketinggalan aksi dan penampilan lucu dari para komika, buruan beli tiket Jicomfest 2019 sekarang juga untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Kabar gembiranya ada cashback menarik sebesar RP 150.000,- bagi nasabah baru J Trust Bank yang membeli tiket Jicomfest 2019. Promo cashback ini hanya berlaku bagi 3000 nasabah baru J Trust Bank saja dan berupa buku tabungan J Trust MOE.

Beli tiket Jicomfest dapatkan cashback Rp 150.000,-

Cara mendapatkan cashback-nya gampang banget dan hanya butuh 4 tahapan.

1. Beli Tiketnya di www.jicomfest.com

2. Isi data diri di form berikut www.jtrustbank.lizard.id/jtrustbank/lp

3. Tunggu email notifikasi

4. Kunjungi cabang J Trust Bank terdekat dan tunjukan email notifikasi untuk mendapatkan cashback Rp 150.000. Atau Kamu juga bisa mengunjungi booth J Trust Bank di JICOMFEST 2019 dan tunjukkan email notifikasi di sana.

Pilihan Tiket JICOMFEST 2019

Sekadar informasi, JICOMFEST 2019 memiliki delapan macam tiket, masing-masing memiliki benefit yang berbeda-beda.

Daily Pass Day 1 ( 3 August 2019) = Rp 500.000,-

Daily Pass Day 2 (4 August 2019) = Rp 500.000,-

2 Day Pass (03 - 04 August 2019) = Rp 900.000,-

Special Show Day 1 ( 3 August 2019) = Rp. 249.000,-

Special Show Day 2 ( 4 August 2019) = Rp. 249.000,

Bundling - Regular Show + Special Show Day 1 (03 August 2019) = Rp 649.000,-

Bundling - Regular Show + Special Show Day 2 (04 August 2019) = Rp 649.000,-

Mau akses tidak terbatas untuk semua pertunjukan di JICOMFEST 2019, kamu bisa membeli beli tiket 2 Day Pass Regular + Special Show dengan harga Rp 1.099.000. Dengan begitu, tak perlu lagi bingung lagu urusan ticketing.

Nah, sekarang sudah tahu kan, informasi tiket dan harganya? Sekarang mana kategori yang paling cocok buat? Untuk pembelian tiket dan informasi selengkapnya bisa klik di sini.

Jangan lupa untuk mengunjungi www.jtrustbank.lizard.id/jtrustbank/lp untuk mendapatkan cashback Rp 150.000,- berupa tabungan J Trust MOE.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rezky Aditya Bongkar Hal Menarik dari Reyhan di Sinetron Cinta Buta

Posted: 30 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rezky Aditya dipercaya menjadi salah satu bintang utama dalam sinetron Cinta Buta. Dalam sinetron ini, aktor kelahiran 1985 ini memerankan satu karakter pria bernama Reyhan.

Reyhan merupakan seorang pengusaha kaya raya. Tak hanya itu, karakter playboy Reyhan pun juga berhasil dibawakan dengan apik oleh Rezky Aditya.

Bagi Rezky, Reyhan yang memiliki kehidupan cukup beruntung ini ternyata termasuk ke dalam orang yang bertindak cepat dan tanpa pikir panjang.

Selain itu, ada hal lain yang dibagikan Rezky Aditya seputar karakter Reyhan dan juga keseharian dirinya di lokasi syuting bersama para pemain lain. Ingin tahu selengkapnya? Simak di channel SCTV di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Transportasi Tradisional di Danau Toba Berkonsep Milenial

Posted: 30 Jul 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi menjajal kapal buatan Kementerian Perhubungan Kapal Motor Ihan Batak saat kunjungan kerja ke Tanau Toba. Jokowi menjajal kapal berkapasitas 300 gross tonnage (GT) menuju Pulau Samosir.

Jokowi minta fasilitas transportasi berbasis tradisional dengan memikirkan konsep hidup modern agar menginspirasi milenial dan masyarakat. Ini yang bisa diterapkan pada kapal yang tengah dibangun dan akan jadi November 2019.

Berangkat dari Dermaga Ajibata, Jokowi tiba di Dermaga Ambarita sekitar pukul 15.00 WIB. Langsung menuju Lapangan Ambarita. Di lokasi itu Jokowi menyerahkan 1.000 sertifikat tanah kepada warga Samosir dan sekitarnya. Usai bagaikan sertifikat, Presiden langsung menuju Kampung Tenun dan Pantai Pasir Putih.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut mendampingi Jokowi menyatakan, ada kebanggaan karena Jokowi menjajal Kapal Ihan Batak.

"Kapal ini untuk melayani jalur penyeberangan di Danau Toba," ujar Menhub dalam keteranganya di Pulau Samosir, Rabu (31/7/2019).

Budi Karya mengatakan, pihaknya telah membangun lima kapal besar untuk melayani angkutan penyeberangan di Danau Toba. Satu diantaranya Kapal Motor Ihan Batak sudah siap digunakan setelah dua tahun proses pembuatan.

"Ini bagian dari penghidupan masyarakat, jadi kita harus perhatikan juga bahwa masyarakat tidak boleh tersingkirkan. Kita buat kapal-kapal besar tapi kapal kecil masyarakat tetap dioperasikan dengan memperhatikan aspek keselamatan," jelasnya.

Menhub mengatakan pada 2020, ditargetkan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di Danau Toba sudah siap semuanya.

"Paling penting adalah kita memberikan prioritas kepada danau toba untuk menjadi Bali baru. Kita lihat pembangunan sudah dua tahun ini kota lakukan," ungkapnya.

Sedangkan untuk pengadaan kapal, yaitu satu Kapal Ro Ro, telah selesai 2018, satu unit Kapal Ro Ro selesai 2019, satu unit Kapal Ro Ro selesai 2020 dan dua unit bus air selesai 2020. 

Diketahui Kapal Ihan Batak ini bisa memuat 180 penumpang, 6 bus besar, 32 sedan, 8 truk ukuran 18 ton dan 10 ABK dengan melayani Pelabuhan Ajibata-Ambarita 4 trip perhari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Temuan dari Lokasi Abah Grandong Makan Kucing Hidup-Hidup

Posted: 30 Jul 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Abah Grandong mendadak mencuri perhatian publik. Hal itu terjadi setelah video yang memperlihatkan aksinya memakan kucing hidup-hidup viral di media sosial.

Belakangan diketahui, aksi makan kucing hidup-hidup itu dilakukan di bekas Pujasera di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Polisi langsung bertindak cepat menelusuri keberadaan pria paruh baya yang diduga mengamalkan ilmu hitam itu.

Namun hingga kini, keberadaannya masih misteri. Polisi belum menemukan rimbanya.

Berangkat dari lokasi kejadian, ditemukan sejumlah hal terkait siapa sosok Abah Grandong. Berikut tiga temuan dari lokasi Abah Grandong makan kucing hidup-hidup dirangkum Liputan6.com:

 

1. Bukan Warga Asli Kemayoran

Sumber: Instagram @catshelterbanjarmasin

Polisi menduga, Abah Grandong bukan warga Kemayoran. Berdasarkan keterangan saksi-saksi yang diperiksa, pria paruh baya itu merupakan warga Rangkasbitung, Banteng.

"Kami tengah melakukan pengejaran, setelah meminta keterangan dua saksi dari warga, diketahui pria diakui mereka bernama Abah Grandong itu tinggal di Rangkasbitung," ujar Kompol Syaiful kepada Liputan6.com, Selasa (30/7/2019).

Informasi itu juga diperkuat warga setempat, Muhyidin. Dia mengaku belum pernah melihat sosok Abah Grandong sebelumnya.

"Sosoknya enggak kenal, tapi pernah lihat. Mungkin orang baru," kata Muhyidin saat ditemui di lokasi kejadian.

 

2. Dilakukan Jelang Magrib

Lokasi Abah Grandong pemakan kucing hidup-hidup di Kemayoran, Jakarta Pusat. (Radityo Priyasmoro/Liputan6.com)

Penelusuran Liputan6.com, warga kawasan Kemayoran bernama Muhyidin membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya, Abah Grandong makan kucing hidup-hidup jelang magrib.

"Iya bener sore itu, minggu lalu apa ya, mau magrib gitu saya sudah pulang jam 5, saya diceritain besoknya sama temen di situ," katanya di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019).

Muhyidin mengaku cukup mengenal lokasi kejadian, namun dia menegaskan tidak mengetahui siapa sosok pria makan kucing tersebut.

"Tidak tahu saya," sambil melihat rekaman video tersebut.

Muhyidin mengatakan, lokasi pria makan kucing itu sudah tak seleluasa sebelumnya untuk keluar masuk. Toko atau pun warung makan di tempat tersebut mayoritas sudah pindah dan tak lagi berjualan di sana.

"Sekarang ditutup gini ada pintu digembok, ada yang jaga," ujar dia.

Tim Liputan6.com mencoba masuk dengan meminta izin kepada seorang penjaga gerbang. Namun saat bertemu dan coba mengorek informasi terkait, penjaga tersebut keberatan dan meminta untuk pergi.

"Maaf kami tidak tahu soal itu, jangan ke sini," kata bapak yang enggan menyebutkan namanya.

Gerbang pun kembali digembok. Penjaga tersebut langsung masuk ke dalam dan menutupnya.

 

3. Ingin Lampu Pedagang Dimatikan

Ilustrasi (Istimewa)

Polisi mengungkap motif di balik aksi Abah Grandong memakan kucing hidup-hidup. Kapolsek Kemayoran Kompol Syaiful Anwar mengatakan, dari dua orang saksi diperiksa, motif makan kucing karena pedagang menolak untuk mematikan lampu warungnya.

Menurut pedagang jika lampu dimatikan, warung mereka akan gelap dan seperti tak ada kehidupan. Padahal, mereka harus terus mencari nafkah untuk keluarganya.

Usai Abah Grandong makan kucing hidup-hidup, pemilik warung dan beberapa tamunya lari tunggang-langgang. Menurut saksi yang melihat, Abah Grandong benar-benar mengunyah daging kucing malang itu.

Abah Gandrong disebut-sebut sebagai penjaga lahan di kawasan tersebut.

 

Reporter: Reynaldi Hasan

Saksikan Video Pilihan berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Kebersamaan Bunga Zainal Bersama Dua Anaknya, Kompak Banget

Posted: 30 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dunia entertain tengah dihebohkan dengan postingan Instastories Instagram Bunga Zainal. Aktris kelahiran 23 Maret 1987 itu tengah kesal karena sering menjadi sorotan netizen terkait perbedaan umur antara dirinya dan suami, Sukhdev Singh.

"Mau gue sama laki gue beda 10, 20, 30 atau 50 tahun terus so what? Masalah sama kalian? Netizen nggak punya otak semua, mulutnya nggak sekolah," tulis Bunga Zainal di media sosial Instagramnya.

Bunga Zainal juga memperingatkan netizen agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Terlebih anaknya sudah mulai bertumbuh besar dan mengerti tentang penggunaan media sosial. 

Bunga Zainal mengaku akan bertindak tegas kepada netizen yang berkata kasar di kolom komentar Instagramnya. Bunga akan menempuh ranah hukum dan sudah mencatat beberapa nama akun netizen yang mengomentari perbedaan usia dirinya dan suami. Seperti diketahui selisih umur Bunga dan Sukhdev ialah 18 tahun.

Dari pernikahan itu keduanya sudah dikaruniai dua orang anak laki-laki. Bunga sangat dekat dengan kedua buah hatinya tersebut. Berikut Liputa6.com rangkum dari Instagram @bungazainal05 tentang potret kedekatan Bunga Zainal dengan kedua anaknya, Senin (31/07/2019).

 

1. Bunga Zainal menikah dengan Sukhdev Singh tahun 2014. Dari pernikahan tersebut, Bunga dikaruniai 2 orang anak.

5 Gaya Bunga Zainal Bersama Dua Anaknya, Kompak Banget (sumber: Instagram.com/bungazainal05)

2. Nama kedua anak aktris kelahiran 23 Maret 1987 ini adalah Karan Pradhi Singh dan Harrneel Pradhi Singh.

5 Gaya Bunga Zainal Bersama Dua Anaknya, Kompak Banget (sumber: Instagram.com/bungazainal05)

3. Selisih umur Karan dan Harrneel ialah 3 tahun. Karan berusia 9 tahun, sementara Harrneel 6 tahun.

5 Gaya Bunga Zainal Bersama Dua Anaknya, Kompak Banget (sumber: Instagram.com/bungazainal05)

4. Perbedaan umur yang hanya 3 tahun, membuat Bunga Zainal sering membelikan baju yang sama untuk kedua buah hatinya.

5 Gaya Bunga Zainal Bersama Dua Anaknya, Kompak Banget (sumber: Instagram.com/bungazainal05)

5. Gaya liburan Bunga, Karan dan Harrneel yang selalu kompak.

6 Gaya Bunga Zainal Bersama Dua Anaknya, Kompak Banget (sumber: Instagram.com/bungazainal05)

6. Momen harmonis keluarga kecil Bunga Zainal.

6 Gaya Bunga Zainal Bersama Dua Anaknya, Kompak Banget (sumber: Instagram.com/bungazainal05)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PANRB: PNS Harus Ahli dan Profesional

Posted: 30 Jul 2019 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menyatakan, pemerintah saat ini fokus terhadap pencarian tenaga ahli dan profesional dalam proses perekrutan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, bukan lagi kepada tenaga administrasi.

Dia menyatakan, akselerasi kualitas PNS ini dimaksudkan untuk mengantisipasi dinamika kebangsaan yang semakin kompleks serta menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

"Percepatan pembangunan ASN sebagai mesin utama penggerak birokrasi bertujuan untuk mengantisipasi dinamika kebangsaan yang kompleks dan multidimensional," seru Menteri Syafruddin dalam sebuah keterangan tertulis, Rabu (31/7/2019).

Menurutnya, setiap ASN didorong untuk lebih adaptif terhadap perubahan digital guna menggapai visi Indonesia Emas 2045. "Ini adalah suatu keniscayaan yang harus segera direalisasikan," tegasnya.

Selain itu, ia pun mengungkapkan, perlu restrukturisasi agar ASN didominasi jabatan fungsional teknis dan profesional. Prinsip rekrutmen PNS adalah zero growth, yakni tak lagi merekrut tenaga administrasi umum hingga proporsi dan persebarannya mencapai angka berimbang untuk pembangunan.

 

Syarat Pengajuan Formasi

Jika terlibat dalam tim dan kegiatan kampanye, PNS hingga Pejabat Publik terancam kurungan pidana dan denda jutaan rupiah.

Pengajuan formasinyapun harus dengan pertimbangan matang. Menteri Syafruddin menegaskan, kebutuhan PNS yang diajukan harus menyesuaikan tugas pokok instansi, analisis jabatan dan beban kerja, serta mengacu pada rencana strategis, ketersediaan pegawai, batas usia pensiun, dan kemampuan anggaran.

"Untuk menopang laju roda pemerintahan yang berdaya saing di level global, perlu rekrutmen bertahap untuk generasi Smart ASN," imbuhnya. Menurut dia, rekrutmen tenaga teknis ahli berguna untuk mengisi kekosongan formasi yang ditinggalkan oleh PNS pensiun.

Bukan hanya perihal ketersediaan anggaran, kepala daerah juga disebutnya harus memberikan solusi terbaik yang menjamin keberlanjutan rekrutmen di daerah.

"Ini mensyaratkan keinginan yang kuat untuk membangun Smart ASN di daerah, bahkan hingga ke pelosok dan daerah terluar Indonesia," ungkap mantan Wakapolri ini.

 

Tugas Kepala Daerah

Pengurusan kenaikan pangkat dan pensiun secara online dapat dapat meminimlisir terjadinya praktek pungutan liar.

Identifikasi kebutuhan PNS itu harus diformulasikan secara tepat oleh kepala daerah dengan melihat luas wilayah, jumlah penduduk, serta anggaran.

Formulasi itu kemudian akan menghasilkan titik temu dan difinalisasi melalui pengajuan formasi yang tepat, akurat dan efektif untuk menunjang pembangunan kualitas SDM di daerah.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut dalam rekrutmen calon ASN, ia berharap bisa mendapat Smart ASN yang berdaya saing global. Dia mensyaratkan, Smart ASN juga wajib untuk memiliki jiwa entrepreneurship, hospitality, berwawasan global, memiliki jaringan yang kuat, menguasai bahasa asing dan teknologi, profesional, serta berintegritas.

"Membangun generasi Smart ASN adalah peluang terbesar kita, untuk memanfaatkan peluang dan percepatan yang ditawarkan oleh bonus demografi Indonesia dalam periode waktu yang cukup menjanjikan," pungkas Menteri Syafruddin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyesuaian PPnBM Bikin Pabrikan Mobil Sedan Tersenyum

Posted: 30 Jul 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan pemerintah (PP) terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia tak kunjung ditandatangani Presiden Joko Widodo. Padahal, di dalam payung hukum tersebut, tidak hanya mendukung keberadaan mobil ramah lingkungan saja, tapi mobil jenis lain yang bisa berkembang di pasar dalam negeri dan berpotensi menjadi komoditi ekspor yang menguntungkan.

Dijelaskan Menteri keuangan, Sri Mulyani, dalam paket kebijakan mobil listrik ini, terdapat salah satu insentifnya yaitu penyesuaian pajak barang mewah. Sebelumnya, ketika konsumen membeli mobil akan terkena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

"Dari dulu kan konsepnya mobil itu barang mewah, karena itu kita sebelumnya ada diskriminasi antara MPV dengan bentuk mobil penumpang yang bentuknya sedan itu dianggap mewah. Itu mungkin juga yang perlu dilakukan revisi," jelas Sri Mulyani saat ditemui di bilangan BSD, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, PPnBM baru nanti tidak lagi menyangkut bentuk kendaraan. Jadi, pemerintah akan mengubah kategori pajak yang berdasarkan pengelompokan kendaraan penumpang, komersial, program hybrid, mild hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan flexy engine dan mobil listrik.

"Kami mengelompokkan kapasitas mesinnya menjadi tiga kelompok saja, yaitu di bawah 3.000 cc, 3.000cc sampai 4.000cc, dan 4.000cc ke atas. Diskriminasi PPnBM nanti berhubungan dengan itu (jenis kendaraan, mesin, dan emisi)," tegas Sri Mulyani.

Sementara itu, pengenaan pajak nantinya hanya berkisar 15 persen hingga 70 persen dengan tergantung emisi yang dikeluarkan. Dengan semakin besar emisi dari sebuah kendaraan dihasilkan, maka beban pajak akan semakin besar. "Jadi, ini kombinasi tadi, programnya, kapasitas mesinnya, dan emisi CO2," tambahnya.

Komentar Gaikindo

Menanggapi hal tersebut (penyesuaian PPnBM), Johannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yakin pabrikan yang memiliki model sedan akan tersenyum dengan peraturan PPnBM baru yang bakal dikeluarkan ini.

"harusnya senyum, tunggu dulu peraturannya keluar. Perpres dan PP akan menjadi satu," pungkas Nangoi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Kabupaten/Kota Jadi Titik Kunci Tingkatkan IPEI Jabar

Posted: 30 Jul 2019 10:04 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Dengan menerapkan program tepat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif (IPEI) Jawa Barat dapat meningkat. 

Menurut Ridwan Kamil (Emil), terkadang permasalahan kabupaten/kota di Jawa Barat bukan soal kurangnya dana maupun ilmu, tetapi bersumber dari program yang tidak tepat menuntaskan inti masalah.

"Saya menduga permasalahan banyak di situasi seperti itu (program tidak tepat). Acara ini penting karena akan dipaparkan secara ilmiah oleh konsultan dan tim ahli," ujar Emil dalam Forum Pembangunan Daerah (FPD) 2019: Pembangunan Ekonomi Inklusif untuk Penurunan Kemiskinan yang Berkelanjutan di Jawa Barat kerja sama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan SMERU Research Institute, Selasa (30/7).

Dia pun menegaskan bahwa program harus diterapkan secara adil, di mana adil yang tepat adalah proporsional, bukan sama rata. Dalam forum tersebut, Jawa Barat sendiri dinilai kurang dalam Pilar II IPEI terkait pemerataan pendapatan dan pengurangan kemiskinan.

Meski begitu, Emil menegaskan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Baratterus berupaya menanggulangi kemiskinan sambil menjaga pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari angka pertumbuhan Indonesia.

"Ujung-ujungnya Jabar harus juara lahir batin karena cara bekerja, logika dan inovasinya mengarah pada kesejahteraan yang dipertanggungjawabkan," ucap Emil.

Berdasarkan data Bappenas, Jawa Barat yang pertumbuhan ekonominya adalah 5,6, memiliki nilai 6,13 terkait pemerataan pendapatan dan pengurangan kemiskinan. Itu jauh berbeda ketimbang pencapaian 7,76 milik Bangka Belitung di posisi satu.

"Pemerataan pendapatan (ketimpangan) dan pengurangan kemiskinan Jawa Barat masih relatif tinggi ketimbang provinsi lain," ujar Amalia Adininggar Widyasanti, Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan.

"Artinya ke depan, jika kami bedah tidak berhenti hanya di pilar tapi juga indikator-indikator Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif itu, akan terlihat bahwa masing-masing kabupaten/kota punya kebutuhan intervensi kebijakan yang berbeda-beda," imbuhnya.

Membedahnya, dengan menilik indikator Pilar II Sub Pilar 2.1 Ketimpangan yakni rasio gini, sumbangan pendapatan perempuan, dan rasio rata-rata pengeluaran rumah tangga desa dan kota.

Sementara indikator Sub Pilar 2.2 Kemiskinan adalah persentase penduduk miskin dan rata-rata konsumsi protein per kapita per hari. Amalia pun mengingatkan pentingnya intervensi kebijakan di kabupaten/kota untuk melahirkan program yang tepat.

"Oleh karena itu desain kebijakan atau program yang dikemas masing-masing kabupaten/kota menjadi titik kunci agar secara keseluruhan Provinsi Jawa Barat bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif," kata Amalia.

Secara keseluruhan dari tiga pilar yang ada, Jawa Barat menempati urutan 12 dari 34 provinsi se-Indonesia dengan IPEI sebesar 5,93.

Di Jawa Barat, Kabupaten Cianjur memiliki Indeks Inklusif terendah yakni 4,99. Selain Cianjur, tujuh kabupaten lain yakni Kab. Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Bandung Barat, Cirebon, Subang, dan Ciamis memiliki tingkat inklusivitas sangat rendah di bawah 5,40 (merah).

"Sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana desa untuk membangun desa agar inklusif. Kalau saya boleh usul, program dana desa itu diarahkan saja untuk mengatasi indikator-indikator ekonomi inklusif yang masih merah tadi," tutup Amalia.

Selain Amalia, hadir Widjajanti Isdijoso Plt. Direktur The SMERU Research Institute, Athia Yumna peneliti senior dari The SMERU Research Institute, serta para Bupati/Walikota serta Kepala Bappeda se-Jabar.

Forum ini bertujuan untuk memfasilitasi dialog antar pemangku kepentingan guna mendapat opsi kebijakan penanggulangan kemiskinan sehingga pembangunan yang dilakukan di Jabar lebih inklusif.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Langkah Sederhana Mengurangi Tingginya Polusi Udara Jakarta

Posted: 30 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas udara Jakarta belakangan terus menjadi sorotan khalayak luas. Berdasarkan situs AirVisual pada Rabu (31/7/2019), pagi ini Jakarta dengan Air Quality Index (AQI) sebesar 163 yang masuk kategori Unhealthy atau tidak sehat.

Untuk mengurangi polusi udara Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta memberikan beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan setiap orang.

Apa saja langkah-langkah tersebut? Simak rangkuman selengkapnya dari BPBD DKI Jakarta yang disampaikan melalui akun Instagram resmi @bpbddkijakartaseperti di bawah ini.

1. Beralih ke Transportasi Publik

BPBD DKI Jakarta menulis, banyaknya kendaraan bermotor yang mengeluarkan emisi yang tak ramah lingkungan jadi salah satu penyebab utama tingkat kualitas udara ibu kota buruk.

Maka dari itu, BPBD DKI Jakarta menyarankan bagi setiap individu dapat berkontribusi mengurangi tingkat polusi udara di Jakarta dengan bepergian dengan memakai transportasi publik.

2. Memperbanyak Jenis Tanaman Penangkal Polutan

Ilustrasi tanaman lidah mertua. (unsplash.com/@thirdwheelphoto/Putu Elmira)

Deretan tanaman seperti lidah mertua, tanaman-tanaman toga, alpukat, belimbing, hingga pucuk merah tidak hanya dapat mempercantik lingkungan, tetapi juga berperan dalam menangkal polutan.

Maka dari itu, BPBD DKI Jakarta menyarankan untuk memperbanyak tanaman penangkal polutan dihadirkan di lingkungan kediaman Anda.

3. Hindari Membakar Sampah Sembarangan

BPBD DKI Jakarta menulis, pembakaran sampah dapat menimbulkan debu dan asap hitam sebagai penyebab polusi. Sampah yang dibakar juga melepaskan karbondioksida (CO2) yang justru akan memperparah pemanasan global.

Gas klor yang dihasilkan dari pembakaran sampah dapat merusak atmosfer bumi. Pembakaran sampah di lingkungan rumah sendiri atau sekitar tempat pembuangan sampah yang ada di sekitar tempat tinggal telah dilarang melalui Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta No.2 tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otoritas Bandara Puji Keteraturan Jemaah Haji Indonesia

Posted: 30 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Otoritas Bandara King Abdul Aziz, Jeddah memuji jemaah haji asal Indonesia yang dinilai sangat teratur dan berperilaku baik saat tiba di Arab Saudi. Kondisi dinilai memudahkan proses keimigrasian maupun pemeriksaan otoritas Arab Saudi.

Ini disampaikan Kepala Imigrasi Bandara Jeddah Jenderal Sulaiman Muhammad Al-yusuf di Jeddah, seperti dikutip Rabu (31/7/2019)

"Selamat kepada jamaah haji Indonesia yang sudah datang di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Kami menganggap jemaah haji Indonesia yang sangat teratur dengan pengaturan yang sangat detail terkait dengan masalah kedatangan," ujar dia.

Jemaah haji Indonesia termasuk salah satu yang mendapatkan fasilitas Makkah Route atau fast track. Program yang dikembangkan Pemerintah Arab Saudi untuk mempercepat proses kedatangan jemaah di bandara.

Ini merupakan tahun kedua bagi Indonesia mendapatkan fasilitas fast track. Sejauh ini, jemaah Indonesia dinilai baik mengikuti seluruh proses kedatangan.

"Pada saat kedatangan maupun kepulangan relatif lancar, teratur tidak ada permasalahan yang dihadapi dan ini sangat memudahkan dan membantu kami melaksanakan tugas keimigrasian," jelas dia.

Dia pun mengaku terbuka jika seandainya ada usulan terkait dengan peningkatan layanan di bandara. Tak hanya dari Indonesia, tetapi juga masukan dari negara lain.

Seperti diketahui, tahun ini Indonesia mendapatkan kuota haji hingga 231 ribu untuk reguler dan khusus. Dari jumlah tersebut, sekitar 10 ribu merupakan kuota tambahan.

 

 

Dipimpin Menag, Rombongan Amirul Hajj Tiba di Arab Saudi

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dan anggota Amirul Hajj lainnya tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada Selasa sore (30/7/2019). Darmawan/MCH

Amirul Hajj yang juga Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Kedatangan Menag untuk memantau langsung pelaksanaan ibadah haji jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.

Menteri dan rombongan tiba di jalur khusus (fast track) sekitar pukul 16.30 WAS,  Selasa (30/7/2019). Kedatangan disambut langsung Kepala United Agent Airport King Abdul Aziz, Jeddah Sahir bin Abdulaziz Mattar, serta Kepala Imigrasi Bandara Jeddah Jenderal Sulaiman Muhammad Al-yusuf.

Turut menyambut Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Nizar Ali. Kemudian Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khoirizi Dasir serta Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah Madinah Arsyad Hidayat.

Dari pantauan, begitu tiba di bandara, Menag langsung memantau layanan kedatangan jemaah haji Indonesia. Kebetulan kedatangannya bersamaan dengan ketibaan jemaah asal Embarkasi Makasar (UPG-32).

"Saya bersama Amirul Hajj baru tiba di Bandara Jeddah. Kemudian kedatangan saya manfaatkan untuk memantau proses penerimaan jemaah," ujar dia di Jeddah.

Dia mengaku sejauh pengamatannya, semua proses layanan kedatangan jemaah haji berjalan lancar. Mulai dari jemaah keluar pesawat sampai masuk ke bus menuju hotel di Makkah. "Jemaah hanya butuh kisaran satu jam, ini sangat cepat," tegas dia.

Demikian pula pada proses keimigrasian, rekam biometrik, sidik jari dinilai memperlancar kedatangan jemaah haji karena sudah berlangsung di tanah air.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Waktu yang Tepat bagi Ibu Hamil Konsultasi Menyusui

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi mempersiapkan masa pascapersalinan dan menyusui, ibu hamil disarankan bertemu dengan tenaga kesehatan atau konselor laktasi setidaknya tujuh kali selama masa kehamilan dan setelah persalinan. Selama masa konseling ini, ibu akan dipersiapkan dengan berbagai pengetahuan soal menyusui.

Dokter spesialis anak dan konselor laktasi RS Pondok Indah – Pondok Indah, Yovita Ananta menyampaikan, segala kendala, hambatan, cara  menyusui, dan menyimpan Air Susu Ibu (ASI) juga dijelaskan selama konsultasi laktasi.

Adapun tujuh kontak waktu yang tepat ibu konsultasi tenaga kesehatan atau konselor laktasi, menurut Yovita, sesuai rilis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Rabu (31/7/2019) sebagai berikut:

1. Kontak pertama: Saat hamil, membahas keuntungan dan manajemen menyusui.

2. Kontak kedua: Saat hamil, membahas proses menyusui dan kendala-kendala yang mungkin dihadapi.

3. Kontak ketiga: Setelah melahirkan, bimbingan kontak kulit dini antara ibu dengan bayi.

4. Kontak keempat: 24 jam setelah melahirkan, bimbingan posisi menyusui yang baik (posisi tidur atau duduk) dan membantu pelekatan mulut bayi pada payudara.

5. Kontak kelima: Satu minggu setelah melahirkan, diskusi mengenai kesulitan atau kendala yang dihadapi.

6. Kontak keenam dan ketujuh: Dilakukan dalam satu dan dua bulan setelah melahirkan.

Pada tahap ini, ibu akan belajar mendiskusikan kesulitan yang mungkin masih dialami oleh ibu menyusui, persiapan kembali bekerja, bagaimana memerah ASI, penyimpanan dan pemberian ASI perah, dan lainnya.

Edukasi Laktasi

Edukasi laktasi penting bagi ibu hamil. Photo by Zahed Ahmad on Unsplash

Pengetahuan menyusui perlu diketahui ibu hamil. Edukasi mengenai ASI dan menyusui ini bisa diikuti ibu hamil dengan para konselor laktasi di fasilitas kesehatan terdekat, lembaga kesehatan, hingga komunitas menyusui.

Bahkan rumah sakit dengan kategori rumah sakit sayang bayi juga biasanya memiliki kelas-kelas edukasi laktasi.

"Biasanya di kelas edukasi laktasi, ibu akan belajar manfaat ASI, pentingnya Inisiasi Menyusu Dini (IMD), manfaat rawat gabung setelah persalinan (rooming in), perawatan payudara saat hamil dan menyusui, termasuk cara-cara pijat oksitosin untuk merangsang keluarnya hormon oksitosin," Yovita melanjutkan.

Ibu juga akan belajar bagaimana pelekatan yang tepat agar proses menyusui berjalan dengan baik, mengenali berbagai kendala menyusui sehingga bila ada kesulitan, ibu bisa tetap tenang sambil mencari solusinya.

Yang tak kalah penting, ibu juga akan diberi pengetahuan soal manajemen ASI Perah (ASIP),  terutama bagi ibu menyusui yang bekerja.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Jurus Pemkot Surabaya Kelola Masalah Sampah

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah melakukan sejumlah langkah untuk mengelola sampah sehingga tidak membebani masyarakat dan pemerintah kota. Langkah untuk membenahi sampah tersebut telah dilakukan sejak 2011.

Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, Eri Cahyadi menuturkan, Pemkot Surabaya melibatkan masyarakat untuk menangani masalah sampah.

Langkah dilakukan dengan membangun bank sampah di sejumlah kelurahan, RT dan RW. Kemudian memberikan penjelasan kepada masyarakat untuk memisahkan sampah anorganik dan organik. Hal ini dilakukan agar beban pembuangan sampah ke tempat pembuangan sampah (TPS)3 R  dan tempat pembuangan akhir (TPA) di Benowo berkurang. Diperkirakan sampah masuk ke TPA Benowo sekitar 1.000 ton .

"Kami sediakan TPS 3R di lima wilayah kota Surabaya. Kami ada kerja sama dengan Prancis yang sediakan larva untuk menghancurkan sampah. Jadi sampah yang masuk TPA tersebut tidak banyak atau sudah berkurang," ujar Eri saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (31/7/2019).

Dengan melibatkan masyarakat untuk kurangi sampah, ia menilai hal tersebut efektif. Keterlibatan masyarakat dapat mengurangi beban pembuangan sampah di TPA Benowo. Pemkot Surabaya juga menyediakan rumah kompos untuk kurangi sampah.

Ia menuturkan, saat ini Pemkot Surabaya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dengan batasi memakai air mineral botol sekali pakai dan sebaiknya menggunakan tempat air minum atau tumblr.

"Masyarakat dan Pemerintah Kota Surabaya berperan untuk kurangi sampah. Jangan sampai sampah itu jadi beban masyarakat," ujar dia.

Eri mengatakan, pihaknya akan menambah TPS 3R lagi di tiga hingga empat titik di sejumlah wilayah Surabaya. Pemkot Surabaya sudah mengerjakan penambahan TPS 3R tersebut pada 2019.

Eri mengakui, ketika melakukan sejumlah langkah untuk mengelola sampah pada 2010 tersebut sangat besar. Hal itu terutama mengubah mindset masyarakat. Akan tetapi, hal tersebut sudah berubah sehingga masyarakat perlahan-lahan sadar untuk mengelola sampah.

"Paling susah itu ubah mindset dengan kurangi sampah. Bagaimana agar tidak membuang sampah sembarangan," ujar dia.

Sebelumnya, berdasarkan data RKPD Kota Surabaya Tahun 2019, volume produksi sampah Surabaya didasarkan pada asumsi timbulan yang dihasilkan tiap orang per hari. Volume produksi sampah Surabaya dalam satuan m3/hari pada 2015 sebanyak 9.475,21 m3/hari. Kemudian pada 2016 sebanyak 9.710,61 m3/hari, angka ini meningkat seiring perkembangan kota. Pada 2017, volume produksi sampah 9.896,78 m3/hari.

Risma: Surabaya Membutuhkan 20 Tahun Kelola Masalah Sampah

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) menyatakan, Surabaya membutuhkan waktu 20 tahun untuk membenahi masalah sampah. Hal itu lantaran ada masalah dana yang terbatas.

Risma menuturkan, sampah harus dikelola benar agar tidak menimbulkan dampak negatif untuk masyarakat. Sampah yang tidak dikelola benar, menurut Risma dapat menimbulkan banjir, lingkungan kotor dan penyakit. Risma mengakui, masing-masing daerah memiliki kesulitan mengelola sampah termasuk Surabaya.

"Surabaya harus 20 tahun (kelola sampah baik-red) karena keuangan terbatas. Ini bagaimana memanagenya," ujar dia, ditulis Rabu, 31 Juli 2019.

Risma menuturkan, kalau pengelolaan sampah tidak membutuhkan lahan terlalu besar. Hal ini mengingat saat pengalaman dia ke Jepang dan Korea Selatan. Dua negara tersebut membangun lahan tidak terlalu besar untuk mengelola sampah. Akan tetapi, pengelolaan sampah itu membutuhkan disiplin dan dikendalikan dengan baik.

"Tidak sulit kalau dikelola benar. Tidak perlu lahan besar, saya lihat di Jepang dan Korea Selatan, lahan kecil," kata dia.

Terkait perkembangan pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa), Risma menuturkan,  PLTSa di tempat penampungan akhir (TPA) Benowo diharapkan segera selesai. Dengan begitu akan diresmikan pada November 2019. Dengan ada pembangkit listrik ini dapat menambah kapasitas listrik menjadi 11 megawatt (MW). Saat ini pihaknya masih diskusi dengan PLN terkait PLTSa tersebut.

"Insyaallah November kelar. Juli masalah kita belum bisa ada penyambungan PLTSa ke pln. Pln janji akhir Juli ini selesai. Kemarin dua MW sudah jalan. Ini ada tambahan jadi 11 Mw," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Bermain Api di Rumah Asnawi?

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Rumah salah satu wartawan media cetak di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh terbakar, Selasa dini hari, 30 Juli 2019. Peristiwa ini diduga berkaitan dengan pemberitaan yang ditulis oleh yang bersangkutan.

Asnawi Luwi menuding ada pihak yang kurang berkenan dengan beberapa berita yang santer ditulisnya belakangan ini. Beberapa di antara berita itu terkait perambahan liar, pajak, korupsi, dan beberapa kasus lainnya.

Temuan Liputan6.com, berita yang pernah diumbar Asnawi ke publik seperti upaya membongkar praktik perambahan hutan di sekitar area pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lawe sikap. Berita ini ditulis secara maraton pada Juni lalu.

Penebangan kayu di wilayah itu disebut-sebut berpotensi menyebabkan banjir bandang seperti yang pernah melanda kabupaten itu. Kasus itu disinyalir melibatkan pihak korporasi yang sembunyi di balik dalih pembangunan, juga oknum aparat.

Selanjutnya soal pengusaha tambang galian C yang tidak pernah menyetor retribusi. Berita ini sekaligus menyinggung rekanan pembangunan proyek PLTM yang juga disinyalir tidak pernah membayar pajak mineral bukan logam dan bebatuan mencapai Rp4.000 per kubik untuk kebutuhan galian C dalam proyek dimaksud. 

Pihak perusahaan dalam pembangunan proyek PLTM juga diduga tidak tuntas membayarkan setoran pajak bumi dan bangunan (PBB). Serta nihilnya setoran pajak penghasilan final yang disetorkan ke kas negara (PPH) sebesar 2,5 persen dari harga jual.

Juga setoran biaya perolehan hak atas tanah baru (BPHTB) sebesar 5 persen dari nilai jual tanah yang dikurangi Rp60 juta dari nilai harga jual tanah. Selain merugikan pendapatan asli daerah (PAD) juga terindikasi terjadi korupsi yang merugikan Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara.

Berita terbaru yang ditulis Asnawi yakni dugaan rasuah proyek pengadaan monografi dan profil desa tahun 2016/2017. Pengungkapan kasus proyek didanai oleh APBN dengan anggaran miliaran, ini masih belum diserahkan ke kejaksaan karena auditor masih kekurangan dokumen.

"Karena cuma saya yang berani tulis. Saya yakin ini ada kaitannya dengan berita-berita viral yang saya tulis," katanya kepada Liputan6.com, Selasa malam (30/7/2019).

Asnawi mengaku, rumahnya pernah didatangi orang berbadan tegap, saat dirinya sedang mengikuti rapat kerja di Kota Banda Aceh beberapa hari lalu. Selain meminta nomor telepon ke istrinya, orang tak dikenal itu sempat mengitari rumahnya beberapa saat.

Beberapa keganjilan yang membuktikan bahwa peristiwa itu bukan karena korsleting atau arus pendek, seperti masih menyalanya lampu saat api mulai membakar garasi. Selain itu, saat kejadian tercium bau bensin dari dinding rumah Asnawi.

Infonya warga setempat sempat melihat seorang pengendara sepeda motor memakai helm dan kaca mata memasuki lorong rumah korban sesaat sebelum kejadian. Namun, belum terkonfirmasi apakah informasi ini benar atau tidak.

 

Dilempari Batu

Asnawi, istri, dan ketiga anaknya sedang terlelap saat api tengah melahap rumah mereka. Keluarga itu dikejutkan oleh suara kaca rumahnya yang pecah karena dilempari warga sebab Asnawi tak juga bangun.

Ketika itu ia dan keluarganya menyelamatkan diri melalui pintu belakang karena api sudah menjalar ke ruang depan. Tak ada satu pun benda yang mampu diselamatkan kecuali baju di badan.

Infonya sumber api berasal dari bagian teras mobil berdinding triplek, kemudian menyambar bagian depan rumah korban. Kejadian ini menghanguskan rumah serta satu unit mobil pribadi milik yang bersangkutan.

Asnawi berharap polisi mengusut tuntas kasus ini. Ia sangat yakin peristiwa yang menimpanya bersentuhan dengan kelompok elite di kabupaten itu.

"Bila perlu Mabes Polri harus tangani," pintanya.

 

Kecaman dari Organsisasi Profesi

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh dua periode cum wartawan senior, Tarmilin Usman, menyebut aksi seperti membakar rumah wartawan karena profesi yang diembannya adalah tindakan barbar. Ia meminta Polda Aceh turun tangan.

"Kita sangat menyesalkan masih ada sikap-sikap arogansi yang meneror wartawan apalagi membakar rumah wartawan," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa malam.

Dirinya menegaskan kembali bahwa wartawan bekerja dilindungi oleh undang-undang, khususnya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Jika seorang jurnalis menulis berita yang dinilai menyudutkan dan menyalahi, maka dapat disengketakan via Dewan Pers, bukan melakukan tindakan vandal dan barbar.

"Kalau merasa dirugikan atau merasa tidak benar, itu, kan, ada aturan yang mengatur," sebutnya. 

Hal senada datang dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh. Kejadian ini—jika benar seperti yang dituding—dinilai merupakan intimidasi terhadap pers dalam menjalankan profesinya.

"Seret pelakunya ke penjara apabila kebakaran itu dilakukan dengan unsur kesengajaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Ketua AJI Banda Aceh, Misdarul Ihsan, dalam keterangan tersiarnya yang diterima Liputan6.com.

Saat ini kepolisian sudah mengumpulkan saksi-saksi di lokasi, termasuk mengumpulkan barang bukti. Soal adanya unsur kesengajaan seperti yang ditudingkan Asnawi masih belum menjadi fokus penegak hukum. 

"Saya tidak, belum, mengaitkan dengan itu. Yang pasti yang terjadi kebakaran," jelas Kapolres Aceh Tenggara, Kapolres Aceh Tenggara, AKBP Rahmat Har Deny kepada Liputan6.com, Selasa malam (30/7/2019).

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Belum Sesuai Target

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terhadap 616 instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Administrasi Pemerintah dan Penerapan SPBE Kementerian PANRB, Imam Machdi, menyampaikan, evaluasi tersebut menghasilkan potret indeks SPBE Nasional sebesar 1,98, di mana nilai itu masih jauh dari target untuk mencapai kategori baik yakni 2,6.

"Untuk itu, sebagai tindak lanjut dari kegiatan evaluasi tersebut, kami melaksanakan asistensi SPBE kepada kementerian/lembaga serta pemerintah daerah pada tahun 2019," ujar Imam saat kegiatan asistensi SPBE di The Alana Hotel, Surabaya, seperti dikutip Rabu (31/7/2019).

Proses asistensi tersebut berlangsung selama dua hari, yakni pada 30-31 Juli 2019. Asistensi dilakukan Kementerian PANRB melalui Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana dengan menggandeng 5 perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Telkom, dan Universitas Gunadarma.

Selain di Surabaya, kegiatan asistensi juga akan dilaksanakan di beberapa kota dan wilayah besar lainnya, seperti Medan, Makassar, Palembang, Bali, dan Jakarta.

Lebih lanjut, Imam mengatakan, pelaksanaan kegiatan asistensi SPBE merupakan bentuk pendampingan Kementerian PANRB kepada instansi pusat dan daerah dalam penerapan serta meningkatkan indeks SPBE.

"Kami tidak sekadar meningkatkan penerapan dan indeks SPBE, melainkan juga bagaimana implementasi dapat dijalankan secara terpadu," ungkap dia.

Dia juga menilai, keterpaduan SPBE dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. "Hingga saat ini, tidak sedikit instansi maupun unit kerja yang masih silo-silo atau sendiri-sendiri," sambungnya.

Tak hanya itu, ia menyatakan, tata kelola pemerintah yang masih independen dalam penerapan SPBE berakibat pada pemborosan anggaran lantaran aplikasi belum terintegrasi. Dia berharap, implementasi SPBE mampu menciptakan efisiensi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

"Setelah asistensi ini, bapak dan ibu melakukan perbaikan. Akhir Oktober, kami akan melakukan monitoring evaluasi, mengukur lagi indeks SPBE di instansi masing-masing," pungkas dia seraya memperingati.

Tinggalkan Layanan Berbelit-belit, Pemda Diminta Bangun Mal Layanan Publik

Perwakilan Provinsi Ombudsman RI berdiskusi dengan petugas di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Jumat (8/11). Kunjungan ini bentuk apresiasi Ombudsman RI terhadap semangat peningkatan kualitas pelayanan publik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menyatakan siap membantu Pemerintah Daerah yang hendak membangun Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Kita ingin percepatan dalam peningkatan pelayanan publik termasuk melalui pembangunan MPP di Indonesia. Kami akan memberikan asistensi setiap daerah yang akan membangun MPP," kata dia lewat sebuah keterangan tertulis, Selasa (2/7/2019).

Menurutnya, masyarakat ingin ada percepatan dalam sektor pelayanan publik. Oleh karenanya, konsep MPP yang mengintegrasikan segala jenis pelayanan dalam satu gedung dinilai tepat.

"Proses pelayanan yang terkesan lama dan berbelit-belit mulai ditinggalkan. Saya yakin dengan komitmen pimpinan maka segala tantangan birokrasi tersebut dapat diatasi dengan baik," ujar dia.

Selain didukung oleh pegawai yang berkompeten, ia meneruskan, operasional Mal Pelayanan Publik juga harus menggunakan teknologi yang saling terintegrasi antara satu dengan yang lainnya.

"Harapan publik terhadap pelayanan publik adalah kecepatan. Untuk itu konektivitas dan kecepatan menjadi hal terpenting dari pelayanan publik," tegasnya.

Saat ini, seluruh negara dunia disebutnya tengah berlomba untuk memberikan layanan publik terbaik bagi masyarakat. Begitu pula dengan Pemerintah RI, sambungnya, yang memiliki komitmen kuat untuk membangun dan mengembangkan Mal Pelayanan Publik.

"Semua negara berlomba untuk membangun pelayanan publik. Bahkan negara kecil seperti Georgia saja memiliki 400 layanan publik," tukas Menteri Syafruddin.

Kepala Bappenas: PNS Tidak Boleh Gaptek

Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro memberikan keterangan terkait rencana pemindahan ibu kota negara di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Pemerintahan Presiden Jokowi kembali membuka wacana pemindahan ibu kota negara karena kondisi lingkungan Jakarta yang semakin menurun. (merdeka.com/Imam Buhori)

 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala BappenasBambang Brodjonegoro mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS tidak boleh gagap teknologi alias gaptek.

Menurutnya, birokrat muda di era revolusi industri 4.0 ini harus melek teknologi dan wajib mengikuti perkembangan zaman.

"Kalau anak muda seperti Anda tidak boleh ada istilah gaptek, gaptek untuk generasi saya. Untuk generasi Anda tidak ada istilah gaptek, tidak mengerti bagaimana menggunakan teknologi. Semua harus melek teknologi, harus paham apa perkembangan terakhir," serunya dalam sebuah pernyataan tertulis, Jumat (26/7/2019).

Dia menyatakan bahwa pembaharuan teknologi juga membawa perubahan pada gaya birokrasi yang sebelumnya manual menjadi electronic government (e-government).

Penerapan e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) membuat PNS harus dapat memenuhi 4 tuntutan masyarakat ke depan.

Pertama, yakni menerapkan smart government melalui optimalisasi penggunaan teknologi informasi dan digitalisasi. Selanjutnya, penerapan open goverment, big data driven policy, dan cultural shifting atau pergeseran budaya karena tuntutan zaman.

"Budaya melayani dilakuan karena tuntutan jaman. Posisikan Anda di sektor swasta, kalau Anda tidak memberikan yang terbaik, Anda bisa bangkrut, atau Anda bisa dipecat. Artinya, culture shifting menunjuk anda untuk selalu memberikan yang terbaik dalam berbagai hal," tegas Kepala Bappenas itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Terbaru Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Rencananya, ia akan mengumumkan lokasi ibu kota baru pada Agustus 2019.

Apa saja fakta terbaru seputar pemindahan ibu kota?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Orangtua yang Kesusahan, Alasan Bocah Bagikan Selebaran Promosi Kanal Youtube-nya

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Foto selebaran promosi kanal Youtube yang dibagikan seorang anak ramai diperbincangan di Twitter. Foto itu diunggah akun @jodohkugantenk di Twitter.

Hingga Senin (29/7/2019), twit itu telah mendapat lebih dari 9 ribu likes dan 9,3 ribu retweet

Dalam selebaran itu ditulis nama kanal Youtubenya, "HARLAN CHENEL FEED EMSOS" dan "Bantu orangtua. mohon subscribe untuk menaikkan orangtua naik haji!! amin."

Saat dihubungi Liputan6.com pada Senin (29/7/2019), Harlan pun menyatakan alasannya itu. "Buat bantu orangtua naik haji," kata Harlan

Juga untuk bantu keluarga

Sumber: Twitter @jodohkugantenk

Harlan mengaku mengetahui keinginan orangtuanya itu dan berusaha ingin mewujudkannya. Selain itu, anak berusia 12 tahun itu pun menyatakan alasan lain.

"Buat kebutuhan sehari-hari, mau bantu Mamah biar gak kesusahan," kata Harlan ketika dihubungi Liputan6.com Senin (29/7/2019).

Sempat bermasalah

Sumber: Youtube Harlan Chenel Feed Emsos

Viral di Twitter, dari puluhan subscribers, akun Youtube Harlan pun mendapat ribuan subscribers. Namun, kanal Youtubenya itu sempat mengalami masalah. 

Sejak Minggu (28/7/2019), video di kanal Youtubenya hilang. Menurut tuturan Harlan, hal itu disebabkan masalah usia yang terdaftar di akunnya.

Beberapa warganet yang ingin subscribe kanalnya itu pun mempertanyakannya. Begitupun yang ditwit akun @jodohkugantenk.

Setelah masalah itu, Harlan pun menunggah video yang menjelaskan video-videonya hilang. Harlan pun masih berusaha untuk mengembalikan video-videonya itu.

Dari ngaji hingga challenge

Sumber: Youtube Harlan Chenel Feed Emsos via Twitter @bucintreasure13

Beberapa video yang pernah diunggahnya berupa challenge dan mengaji. Videonya itu biasa anak itu buat dan unggah sendiri.

Ketika ditanya akan membuat konten video seperti apa ke depannya, Harlan menyatakan akan membuat beberapa konten. "Kayak baca Qur'an, kayak challenge. Kalau nggak, nge-prank," kata Harlan.

Beberapa warganet pun memberi saran untuk kontennya, misalnya akun Youtube Puguh ariel yang mengusulkan membuat konten yang disukai Harlan dan menarik bagi banyak orang.

Ingin jadi youtuber

Sumber: Youtube Harlan Chenel Feed Emsos via Twitter @bucintreasure13

Harlan mengatakan, ide-ide yang dilakukannya terinspirasi dari youtuber Yudist Ardhana.

Ke depannya, Harlan pun mengatakan keinginannya, "Mau jadi Youtuber cita-citanya." 

Anak berusia 12 tahun itu pun mengatakan alasannya yang lain dari konten Youtubenya. "Biar jadi anak sukses. Tapi kalau udah sukses saya nggak mau sombong."

Namun, untuk memenuhi keinginannya, tampaknya Harlan masih perlu saran dan bimbingan. Begitu pun saran dari warganet.

Anak itu perlu bimbingan agar tahu cara mengelola kanal Youtubenya hingga dapat dimonetisasi dan mewujudkan keinginan orangtuanya untuk naik haji.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apakah Orang-Orang Abad Pertengahan Sering Mandi?

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kita sering kali penasaran dengan bagaimana orang-orang Abad Pertengahan menjalani hidupnya. Mungkin, sebagian dari kita selalu membayangkan mereka adalah sekelompok manusia yang berpenampilan acak-acakan dengan jenggot tebal. Sebagian yang lain mungkin akan bertanya-tanya "Apakah mereka juga mandi?"

Gagasan tentang kemungkinan mereka tidak mandi akan menyebabkan kita berpikir, mungkin aroma orang-orang itu tidak sedap dan bisa membuat pingsan. Meski ide itu menarik, sayangnya belum tentu benar.

Ancient History Encyclopedia mengungkap, ide bahwa orang Eropa abad pertengahan itu kotor dan tidak pernah mandi adalah sebuah kesepahaman, seperti dikutip dari laman List Verse pada Rabu (31/7/2019).

Mereka Juga Mandi

Beberapa sumber mengatakan, orang-orang abad pertengahan hanya mandi sekali atau dua kali setahun, dan itu mungkin benar dalam kebanyakan kasus.

Rata-rata rumah tangga tidak memiliki kamar mandi, dan mereka juga tidak membawa banyak ember air bolak-balik dari sungai atau mata air terdekat demi membasuh badan.

Sebaliknya, mereka akan mandi langsung di sumber air pada akhir hari yang panjang.

Mereka membersihkan gigi dengan serpihan wol atau kain dan mencuci rambut dengan campuran sabun sederhana.

Tetapi yang paling penting bagi mereka, mencuci tangan dan wajah selalu dilakukan setiap pagi. Hal ini adalah rutinitas umum bagi hampir semua orang di seluruh dunia pada Abad Pertengahan.

Tingkat Kebersihan Tentu Relatif

Mandi dalam ilustrasi abad pertengahan. (foto: Medievalist)

Meski orang-orang Abad Pertengahan juga mandi, namun tingkat kebersihan mereka juga bervariasi dari satu orang dengan yang lain. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal.

Di kota-kota besar abad pertengahan, lebih sulit untuk menemukan sumber air segar.

Meskipun demikian, banyak kota membangun pemandian umum di mana orang bisa mandi dalam air yang setidaknya bebas dari kotoran.

Bagaimana Toilet Abad Pertengahan?

Sementara itu, ternyata sejak Abad Pertengahan juga telah ada toilet. Namun fasilitas itu menjadi salah barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan bangsawan. Seperti yang dibagikan oleh akun Twitter @HistoriDunia, berikut adalah potret kamar kecil pada masa itu.

 

 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rooney Dukung Rencana MU Gaet Harry Maguire

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Wayne Rooney mendukung rencana mantan timnya, Manchester United (MU) mendatangkan Harry Maguire dari Leicester City. Rooney menilai bek berusia 26 tahun itu telah berkembang sebagai pemain.

"Saya kira Maguire adalah pemain bagus dan dalam beberapa musim terakhir dia berkembang sebagai pemain," ujar Rooney seperti dilansir Sportskeeda.

MU dan Leicester City terus tarik-ulur soal transfer Maguire jelang musim 2019/20. MU ingin sang pemain segera merapat ke Old Trafford.

Tawaran pun telah diajukan kepada Leicester. Namun klub berjuluk The Foxes itu masih bersikukuh enggan melepas Maguire.

Itu bisa dimengerti lantaran sang pemain adalah figur andalan di lini belakang Leicester. Di musim lalu, ia tampil 32 kali dan mencetak tiga gol.

Kabar yang beredar, Leicester meminta harga 90 juta pound sterling atau Rp 1,5 triliun kepada MU. Jumlah inilah yang maish menjadi ganjalan bagi Setan Merah.

 

 

Perekrutan Bagus

Eks kapten MU, Wayne Rooney . (AFP/Paul Ellis)

Rooney mengatakan, Maguire telah berhasil mengambil salah satu posisi sebagai bek potensial di Inggris. Bukan hanya di Leicester, Rooney menilai sang pemain merupakan sosok vital di tim nasional Inggris.

"Dia makin baik hari ke hari. Dia telah menjadi pemain kunci di Leicester dan timnas Inggris. Saya kira, dia akan menjadi perekrutan bagus jika MU bisa," ujar Rooney mengakhiri.

Dua Pemain

Sejauh ini, MU baru bisa mendatangkan Daniel James dan Aaron Wan-Bissaka di bursa transfer. Rumor yang beredar, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer masih menginginkan sekitar dua pemain lagi.

Selain Maguire, MU dikaitkan dengan striker Juventus, Paulo Dybala. MU ingin menukar Dybala dengan Romelu Lukaku atau Paul Pogba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Asha Shara, 5 Artis Cantik Ini Juga Keturunan Arab

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit artis cantik Indonesia yang ternyata berdarah Arab. Sebut saja Asha Shara. Paras ayu Asha jadi modal terjun ke dunia akting, selain talentanya di depan kamera.

Wanita berdarah Aceh-Arab itu juga mampu meluluhkan hati Raffi Ahmad, pria yang dikenal sering gonta ganti pacar. Hidungnya yang mancung dan matanya yang tajam, mampu membuat Raffi Ahmad jatuh ke pelukan Asha Shara meskipun hanya sesaat.

Selain Asha Shara berikut artis-artis Indonesia keturunan Arab yang tak kalah cantik. Siapa saja mereka?

1. Nabila Syakieb

(Liputan6.com/IG/nsyakieb85)

Nabila Syakieb adalah putri pasangan Syakieb Ali Balweel dan Nuriah Nasir yang lahir di pada 18 November 1985.

Nabila Syakieb memulai karier keartisannyanya sebagai finalis Gadis Sampul pada tahun 1999.

Pada tahun 2001 Nabila mulai merambah dunia akting. Dalam sinetron pertamanya berjudul Cinta SMU, Nabila Syakieb langsung dipercaya menjadi pemeran utama.

2. Zee Zee Shahab.

Zee Zee Shahab

Zee Zee Shahab adalah artis cantik blasteran Arab - Betawi. Putri pasangan Mustafa Kamil Shahab dan Eva Khadijah Alhasni, lahir di Jakarta pada 31 Maret 1988.

Pemilik nama asli Fauziah Shahab mengawali karirnya sebagai penyanyi cilik. Setelah itu ia mulai merambah sebagai bintang iklan dan televisi.

3. Ashanty

Ashanty (Instagram/ashanty_ash)

Siapa sangka ternyata darah Arab mengalir pada Ashanty. Istri Anang Hermansyah itu ternyata lahir dengan darah campuran Jawa-Arab-Perancis dari pasangan Soejahjo Hasnoputro dan Farida Siddik.

Ashanty mengawali kariernya sebagai penyanyi. Namanya semakin mencuat setelah ia dinikai oleh Anang Hermansyah pada 2012 lalu. Dari pernikahan itu keduanya telah dikaruniai 2 orang anak Arsy Addara Musicia Nurhermansyah danArsya Akbar Pemuda Hermansyah

4. Dhini Aminarti

Foto profil Dini Aminarti (Deki Prayoga/bintang.com)

Tak hanya Ashanty, ternyata diam-diam darah Arab mengalir dalam artis cantik Dhini Aminarti. Darah Arab istri Dimas Seto ini mengalir dari sang ibu, Nita Shahab.

Wanita kelahiran 29 Mei 1983 itu meletit lewat perannya sebagai Wulan dalam sinetron berjudul Wulan. Dari Situ namanya mulai diperhitungkan di dunia seni peran, dan telah bermain dibeberapa sinetron dan juga layar lebar.

5. Tsania Marwa

Tsania Marwa [foto: instagram/tsaniamarwa54]

Wanita yang memiliki darah keturunan Arab ini memulai karier dengan menjadi finalis pada pemilihan GADIS Sampul tahun 2005. Perlahan Tsania Marwa mulai mengepakan kariernya di dunia seni peran dan bermain dalam sebuah sinetron dan layar lebar.

Nama Tsania Marwa makin disorot setelah ia menikah dengan Atalarik Syah pada 2012. Namun rumah tangga keduanya hanya bertahan 5 tahun dan berujung dengan perceraian. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Latihan Renang Pemuda Palestina yang Diamputasi

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Pemuda Palestina yang diamputasi melompat ke kolam renang selama sesi pelatihan oleh instruktur Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar, yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan pada masa kecilnya, melatih warga Palestina yang diamputasi selama konflik dengan Israel. (AFP Photo/Mahmud

Pemuda Palestina yang diamputasi melompat ke kolam renang selama sesi pelatihan oleh instruktur Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar, yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan pada masa kecilnya, melatih warga Palestina yang diamputasi selama konflik dengan Israel. (AFP Photo/Mahmud

Majdi al-al-Tatar (kiri), instruktur renang saat melatih pemuda Palestina yang diamputasi di sebuah kolam renang di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Majdi al-al-Tatar (kiri), instruktur renang saat melatih pemuda Palestina yang diamputasi di sebuah kolam renang di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Anak muda Palestina melihat instruktur Majdi al-Tatar (kiri) di kolam renang Kota Gaza (30/7/2019). Tatar, yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan pada masa kecilnya, melatih warga Palestina yang diamputasi selama konflik dengan Israel. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Anak muda Palestina melihat instruktur Majdi al-Tatar (kiri) di kolam renang Kota Gaza (30/7/2019). Tatar, yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan pada masa kecilnya, melatih warga Palestina yang diamputasi selama konflik dengan Israel. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina mandi setelah mengambil bagian dalam sesi pelatihan renang di bawah instruksi Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina mandi setelah mengambil bagian dalam sesi pelatihan renang di bawah instruksi Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina mengikuti pelatihan renang oleh instruktur Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina mengikuti pelatihan renang oleh instruktur Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Kaki palsu terlihat di dekat kolam renang ketika warga Palestina berlatih di bawah instruksi Majdi al-Tatar di Gaza (30/7/2019). Tatar, yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan pada masa kecilnya, melatih warga Palestina yang diamputasi selama konflik dengan Israel. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Kaki palsu terlihat di dekat kolam renang ketika warga Palestina berlatih di bawah instruksi Majdi al-Tatar di Gaza (30/7/2019). Tatar, yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan pada masa kecilnya, melatih warga Palestina yang diamputasi selama konflik dengan Israel. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina yang diamputasi berlatih renang di bawah instruksi Majdi al-Tatar di kolam renang Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina yang diamputasi berlatih renang di bawah instruksi Majdi al-Tatar di kolam renang Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina yang diamputasi beristirahat selama latihan renang di bawah instruksi Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar, yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan pada masa kecilnya, melatih warga Palestina yang diamputasi selama konflik dengan Israel. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina yang diamputasi beristirahat selama latihan renang di bawah instruksi Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar, yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan pada masa kecilnya, melatih warga Palestina yang diamputasi selama konflik dengan Israel. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina yang diamputasi saat mengikuti renang di bawah instruksi Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

Pemuda Palestina yang diamputasi saat mengikuti renang di bawah instruksi Majdi al-Tatar di Kota Gaza (30/7/2019). Tatar melatih warga Palestina yang diamputasi untuk membantu mereka mempertahankan aktivitas fisik. (AFP Photo/Mahmud Hams)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semua Varian iPhone 2020 Bakal Bisa Terhubung ke 5G

Posted: 30 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Analis Ming-Chi Kuo memperkirakan Apple akan melengkapi tiga varian iPhone 2020 dengan modem 5G. Sebelumnya, ia memprediksi hanya dua iPhone 2020 yang bisa kompatibel dengan jaringan telekomunikasi baru tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (31/7/2019), Kuo meyakini Apple akan lebih baik dalam menyesuaikan pengembangan iPhone 5G, setelah mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, perusahaan diperkirakan bisa membuat seluruh varian baru iPhone pada tahun depan kompatibel dengan jaringan 5G.

Selain itu, Kuo juga memperkirakan harga ponsel Android 5G pada semester kedua 2020 akan berada di kisaran USD 250 hingga 350. Hal ini, katanya, akan memaksa Apple untuk menghadirkan perangkat 5G, bahkan pada perangkat entry-level miliknya.

Konsumen akan melihat 5G sebagai nilai jual utama pada tahun depan dan ini membuat Apple bisa mengambil keuntungan melalui kerja sama dengan operator seluler. Keuntungan lain, perangkat 5G akan menjadi potensi Apple untuk menumbuhkan ekosistem Augmented Reality (AR).

Kuo juga mengklaim, iPhone 5G pertama akan disokong sub-6GHz, bukan teknologi mmWave. Kendati demikian, pihak Apple sejauh ini belum mengonfirmasi tentang rencana peluncuran iPhone 5G.

Apple Setop Penjualan iPhone SE di India

iPhone (AP Photo/Charles Rex Arbogast, File)

Lebih lanjut, penjualan iPhone di India dilaporkan tidak berjalan dengan sangat baik. Menurut laporan, perusahaan bahkan menghentikan penjualan beberapa model smartphone miliknya.

Dilansir dari GSM Arena, Apple telah menghentikan penjualan iPhone SE, 6, 6 Plus dan 6s Plus di India. iPhone SE dan 6 merupakan smartphone termurah Apple di negara tersebut.

Setelah penghentian penjualan, smartphone termurah Apple di India saat ini adalah iPhone 6s. Harga jualnya USD 116 lebih mahal daripada iPhone SE.

Langkah Apple ini disebut sebagai strategi baru perusahaan di india. Apple memproduksi iPhone SE dan 6 di India, bersama dengan iPhone 7. Kapasitas produksi yang kosong karena penghentian penjualan iPhone SE dan 6, akan digunakan untuk menambah produksi model iPhone lain. Perusahaan juga berencana untuk melanjutkan program buy-back dan cashback di negara tersebut.

Selain iPhone, Apple juga memiliki strategi baru lainnya untuk memperbesar ceruk pasarnya di India. iOS 13 akan menjadi versi pertama yang disesuaikan untuk konsumen India dengan dukungan 22 bahasa lokal, termasuk untuk Apple Maps, di negara tersebut.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Terbaru Rinni Wulandari, Tampil Cantik dengan Rambut Blonde

Posted: 30 Jul 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Rini Wulandari sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Penyanyi jebolan Indonesia Idol musim 4 tahun 2007 ini sudah sering mondar-mandir di dunia industri musik Tanah Air dengan ebrbagai lagu yang ia bawakan.  

Aktif sejak mengikuti ajang Indonesia Idol dan menjadi juara, nama Rini terus dikenal hingga kini.

Wanita asal Medan yang lahir pada 28 April 1990 ini juga sudah menikah dan memiliki satu orang anak, Nord Kiano Julian. Rinni menikah dengan Jevin Julian pada 7 Mei 2017 lalu. Jevin Julian merupakan seorang produser musik asal Jakarta. Ia adalah saudara kandung dari aktris Sissy Priscillia dan Vanesha Prescilla. 

Meski telah menikah dan disibukkan menjadi seorang ibu, Rinni tetap berkarir menjadi penyanyi. Baru-baru ini Rinni merilis single terbarunya. Merilis single terbaru, tentunya Rinni ingin tampil baru pula. Ia pun mengaggetkan penggemarnya dengan mengubah warna rambutnya menjadi pirang atau blonde. 

Berikut ini potret terbaru penyanyi Rinni Wulandari dengan rambut blonde yang membuatnya semakin kece dan cantik dirangkum dari akun Instagram @rinni_w oleh Liputan6.com, Rabu (31/7/2019). 

1. Rinni baru saja mengubah warna rambutnya jadi pirang nih penggemarnya ungkap jika Rinni cocok dengan gaya rambtu itu.

Penampilan baru Rini Wulandari (Sumber: Instagram/@rinni_w)

2. Rinni ungkap bahwa dirinya memang ingin coba gaya rambut baru, gimana cocok ya?

Penampilan baru Rini Wulandari (Sumber: Instagram/@rinni_w)

3. Gayanya pun terkesan lebih keren dan catchy banget ya.

Penampilan baru Rini Wulandari (Sumber: Instagram/@rinni_w)

4. Padahal Rinni awalnya ragu dan tak percaya diri ketika rambutnya jadi blonde, lho.

Penampilan baru Rini Wulandari (Sumber: Instagram/@rinni_w)

5. Namun suaminya mengatakan bahwa ia mendukung penampilan baru Rinni tersebut. Romantis ya?

Penampilan baru Rini Wulandari (Sumber: Instagram/@rinni_w)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Besaran Kerugian Boeing Usai Tragedi 737 MAX 8

Posted: 30 Jul 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tragedi Lion Air dan Ethiopian Airlines jadi perhatian publik. Usai kejadian tersebut Boeing merugi cukup besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukcapil Menyoal Akun Penyebar Informasi Jual Beli NIK dan KK di Medsos

Posted: 30 Jul 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mempersoalkan informasi terkait dugaan jual beli Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) di media sosial. Dukcapil telah berkoordinasi dengan kepolisian.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, pihak Dukcapil merasa dirugikan dan dicemarkan nama baiknya oleh akun yang menyebarkan informasi tersebut.

"Karena server data Dukcapil memiliki tingkat pengamanan yang ketat, berlapis, dan baik. Sulit untuk bisa ditembus," ujar Dedi dalam keterangannya, Rabu (31/7/2019).

Dalam kasus ini, lanjut Dedi, akun Twitter @hendralm menyampaikan adanya dugaan jual beli NIK dan KK di media sosial. Alih-alih mengusut dugaan itu, Dukcapil justru mempermasalahkan akun yang menyebarkan informasi jual beli NIK dan KK.

"Si akun yang mengeluarkan konten itu (yang akan dilaporkan)," kata Dedi.

Hal tersebut diketahui berdasarkan komunikasi awal antara penyidik Bareskrim Polri dengan Dukcapil sebelum laporan resmi dibuat. Hasilnya, Dukcapil merasa nama baiknya dicemarkan dan disudutkan. Dukcapil juga menyoal maraknya berita bohong atau hoaks di medsos.

"Kalau misalnya masyarakat yang membocorkan atau menyebarluaskan data kependudukan, sesuai Undang-Undang 2013 Pasal 95 a, ancaman hukuman dua tahun denda Rp 25 juta. Kalau staf Dukcapil yang membocorkan, Pasal 95 b, ancaman hukuman enam tahun, denda Rp 75 juta," Dedi menandaskan.

Cari Akun Penyebar Info

Simak 5 hal terbaik yang akan terjadi kalau kamu berhenti main media sosial. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Polisi tengah menyelidiki kasus dugaan jual beli data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Penyidik memburu pemilik akun media sosial yang menyebarkan isu itu pertama kali.

"Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri tadi pagi sudah saya konfirmasi, akan mendalami dulu. Itu akun resmi atau fake akun," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, Senin (29/7/2019).

Dedi menjelaskan, kasus ini akan terang benderang setelah pemilik akun teridentifikasi. Bila telah diketahui, selanjutnya polisi menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri, dan memanggil saksi ahli untuk menentukan unsur perbuatan melawan hukum.

"Jadi harus ada dari saksi ahli hukum pidana untuk menjelaskan tentang perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pemilik akun tersebut. Kalau terbukti dan mengantongi dua alat bukti maka penyidik akan meningkatkan statusnya menjadi tersangka," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinyal Penurunan Suku Bunga The Fed Bawa Rupiah Menguat

Posted: 30 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Rabu ini. Hari ini rupiah akan bergerak menguat di kisaran 14.012 per dolar AS sampai 14.028 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Rabu (31/7/2019), rupiah dibuka di angka 14.020 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.027 per dolar AS. Pada siang ini, rupiah terus menguat ke level 14.014 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.012 per dolar AS hingga 14.014 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 2,61 persen.

Ekonom Samuel Aset Manajamen Lana Soelistianingsih mengatakan, dari sisi eksternal, menguatan rupiah didorong oleh sinyal penurunan suku bunga acuan Bank Sentral AS (The Fed). 

"Terbantu sentimen The Fed yang mau menurunkan bunga," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Lana juga optimis rupiah akan bergerak menguat sepanjang hari ini. Rupiah diprediksi akan bergerak pada kisaran Rp 13.980 per dolar AS sampai Rp 14.000 per dolar AS.

"Saya kira bisa (menguat) sepanjang hari. Lebih banyak karena sentimen eksternal," tandas dia.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.026 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.034 per dolar AS.

 

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Ilustrasi dana BLT

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Republik Ceko 2-4 Agustus 2019 di Sirkuit Brno

Posted: 30 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Brno - Persaingan MotoGP 2019 semakin panas memasuki seri ke-10. Kali ini Republik Ceko akan menjadi tuan rumah setelah balapan libur selama tiga pekan.

Untuk pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, sirkuit sepanjang 5,4 km ini merupakan sirkuit yang cukup bersahabat. Di Brno, Rossi menjadi pembalap yang paling sering menang yakni lima kali.

Rossi pun diyakini akan mengambil momentum bangkit setelah belum juga meraih podium pertama di MotoGP musim ini. Ya, prestasi tertinggi The Doctor sejauh ini hanya dua kali meraih podium kedua masing-masing di Argentina dan Amerika Serikat.

Namun demikian, ambisi Rossi meraih podium pertama di Ceko sepertinya tak akan mudah terwujud. Pasalnya, Marc Marquez yang saat ini masih memuncaki klasemen tentu juga ingin juara.

Berikut jadwal lengkap MotoGP Ceko:

Jadwal Balapan

Salah satu momen dalam balapan MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno. (Twitter/Yamaha MotoGP)

Jadwal MotoGP Ceko

Jumat (02/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas 1

18:30 WIB, Latihan Bebas 2

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Sabtu (03/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas 3

18:30 WIB, Latihan Bebas 4

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Minggu (04/08/2019)

19.00 WIB, Lomba

Sirkuit Automotodrom Brno

Live di Trans 7

Klasemen MotoGP 2019

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 185 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 127 poin

3. Danilo Petrucci (Ducati) 121 poin

4. Alex Rins (Suzuki) 101 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 85 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 80 poin

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 70 poin

8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 67 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) 67 poin

10. Pol Espargaro (KTM) 56 poin

11. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 52

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 50 poin

13. Joan Mir (Suzuki) 30 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 31 poin

15. Andrea Iannone (Aprilia) 21 poin

16. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 19 poin

17. Johann Zarco (KTM) 16 poin

18. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 15 poin

19. Tito Rabat (Avintia Racing) 14 poin

20. Stefan Bradl (Honda) 12 poin

21. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 11 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 3 poin

24. Karel Abraham (Avintia Racing) 3 poin

25. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 3 poin

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibunuh, Jenazah Selebgram Rusia Ekaterina Karaglanova Ditemukan dalam Koper

Posted: 30 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Kembali terjadi peristiwa pembunuhan yang menimpa seorang selebgram dunia. Kali ini, menimpa seorang influencer asal Rusia, Ekaterina Karaglanova.

Wanita cantik ini adalah seorang selebgram yang memiliki 85 ribu lebih followers, dan baru saja lulus sebagai dokter.

Dilansir dari BBC, Rabu (31/7/2019), polisi menyebutkan jenazah Ekaterina Karaglanova ditemukan di dalam sebuah koper, di apartemen yang ia sewa di Moskow, pada 26 Juli lalu. Di tubuh wanita 24 tahun tersebut, ditemukan sejumlah luka yang disebabkan benda tajam.

Peristiwa ini diketahui karena kecurigaan keluarganya. Pasalnya, Ekaterina sudah berhari-hari tidak mengontak mereka. Padahal, Ekaterina Karaglanova sebenarnya berencana untuk liburan ke Belanda untuk merayakan ulang tahunnya yang jatuh pada 30 Juli kemarin.

Koper di Lorong

Ekaterina Karaglanova (Instagram/ katti_loves_life)

Orangtua Ekaterina Karaglanova lantas menghubungi induk semang, dan meminta akses untuk masuk ke apartemen gadis ini. Di sana, ayah korban menemukan koper yang tergeletak di lorong. Saat dibuka, isinya ternyata jenazah Ekaterina dengan leher tersayat.

Polisi menyebutkan tak ada tanda-tanda perlawanan di apartamen ini. Sementara media Russia MK, menyebutkan tak ada senjata yang ditemukan di TKP.

 

Kunjungan Mantan

Ekaterina Karaglanova (Instagram/ katti_loves_life)

Polisi menyebut ada kemungkinan kecemburuan menjadi motif di balik pembunuhan ini.

Rekaman dari kamera CCTV menunjukkan mantan kekasih korban sempat berkunjung beberapa hari sebelum Ekaterina Karaglanova menghilang. Namun, tak disebutkan apakah ia diinvestigasi lebih lanjut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Porsche Mewah Rp3 Miliar Teronggok di Jalur Tikus Kalimantan-Malaysia

Posted: 30 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Sanggau - Mobil mewah super car Porsche 911 seri Carrera ditinggalkan begitu saja di jalan tikus Guna Banir, Kecamatan Sekayam, perbatasan Sanggau, Kalimantan Barat dengan Malaysia. Dugaan sementara ini adalah penyelundupan mobil dari Malaysia dengan pola rantai terputus.

Menurut Danyon 643/Wanara Sakti, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto, mobil tersebut ditemukan teronggok ketika pasukannya berpatroli rutin untuk mengamankan perbatasan. Diduga pemilik atau pembawa mobil tersebut lari ketika tahu ada patroli.

"Sepekan sebelumnya, kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa jalur tikus perbatasan RI-Malaysia di Sungai Daun sering untuk meloloskan barang ilegal termasuk mobil," kata Mayor Dwi Agung, dilansir suarakalbar.co.id.

Dari informasi itu pengawasan dan patroli rutin ditingkatkan intensitasnya di Sungai Daun. Hasilnya, tengah malam pasukan yang berpatroli mendengar suara mobil di tengah hutan. Mereka bersiap dan langsung mengintai, mendatangi asal suara.

"Sayangnya si pembawa mobil mewah sudah kabur ketika pasukan berada dekat lokasi," kata Dwi Agung.

Komandan patroli dari Satgas Pamtas Yonis Mekanis 643 Wanara Sakti Lettu Inf Debry Wahyu Pranoto beserta anggotanya kemudian mengintai hingga pagi. Mereka bertahan di Kamp Ngabang, Dusun Guna Banir, namun tak ada tanda-tanda mobil tersebut diambil. Mobil mewah buatan Jerman itu bernomor polisi BAR 9658 diduga berasal dari Malaysia.

"Karena tidak ada yang datang untuk mengambil, siang itu mobilnya kami amankan ke Kotis," kata Dwi Agung.

Dari hasil pemeriksaan, mobil sport Classic jenis Porsche Carrera 911 warna abu-abu itu bernomor mesin 63H04023 dan bernomor rangka wpozzz91zhs141185. Mobil tersebut sengaja ditinggalkan pelaku untuk kemudian diambil pelaku lainnya guna dibawa keluar dari Dusun Guna Banir.

"Dugaan kami, para pelaku menggunakan sistem penyelundupan jaring terputus," katanya.

Dijelaskan pula bahwa sudah ada nama-nama yang diduga berada di belakang penyelundupan mobil mewah ini. Nama-nama tersebut saat ini sedang diselidiki lebih mendalam oleh polisi.

Simak berita menarik lain dari suarakalbar.co.id

Ikuti video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Desain Rumah Baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Bak Istana

Posted: 30 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina adalah sosok seleb tanah air yang terbilang sangat sukses. Raffi dan Nagita memiliki akun media sosial YouTube yang setiap harinya mengunggah video terbaru. 

Chanel YouTube Rans Entertainment yang telah memiliki lebih dari 9 juta subscriber ini memperlihatkan bagaimana penampakan rumah baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang akan segera dibangun pada awal Agustus atau September 2019 mendatang.

Rumah yang akan dibangun oleh Raffi sangat mewah. Apalagi nanti akan dibuat basment untuk menaruh mobilnya yang cukup banyak, karena Raffi sendiri sering mengundang teman-temannya ke rumah.

Tak hanya itu, dari desain rumah yang besar dan indah, bagian interior pun tak luput dari perhatian. Bagian interior ini akan jadi seperti di hotel. Kesan itulah yang ingin didapat Raffi nantinya di rumah barunya, agar nanti terasa hangatnya dan nyaman rumah tersebut untuk keluarga, maupun untuk syuting Rans Entertainment miliknya dan Nagita.

Berikut penampakan rumah baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang Liputan6.com kutip dari YouTube Rans Entertainment, Rabu (31/7/2019)

Gambar rumah nampak depan

Rumah baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Youtube/Rans Entertainment)

Tampak depan rumah, rumah yang memanjang ke samping tersebut adalah calon rumah baru yang akan dibangun oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di samping rumahnya yang ditinggali sekarang. Rumah tersebut ternyata ada dua bangunan. 

Terlihat bahwa kiri dan kanan nampak berbeda gaya, yang masing-masing miliki lebih dari satu lantai. Rumah ini pun didesain oleh arsitek kenamaan bernama Revano Satria. Tak hanya rumahnya, bagian interiornya digarap oleh istri dari Revano Satria.

Rumah baru nampak samping

Rumah baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Youtube/Rans Entertainment)

Rumah yang memanjang ini nantinya bagian depan ingin dibuat taman yang kecil dan bisa muat parkir sekitar 4 mobil pada rumah sisi kanan. Untuk rumah sisi kiri nantinya akan dibangun basement yang nantinya muat untuk banyak mobil.

Tak hanya itu, Raffi tidak terlalu terpaku pada gambar yang sudah jadi. Nantinya dirinya ingin buat bagian atas dibuat rooftop yang dirinya terinspirasi dari hotel-hotel untuk bersantai.

Diperkirakan pembangunan rumah besar Raffi ini akan memakan waktu 2 tahun. Setalah selesai membangun rumah baru, rumah yang sekarang ditinggali ini pun akan direnovasi.

Interior dalam bagian lobby rumah

Rumah baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Youtube/Rans Entertainment)

Raffi Ahmad menjelaskan pada video YouTubenya, bahwa dirinya ingin kesan rumahnya itu bisa hangat saat memasuki ruangan seperti layaknya hotel. Seperti itulah penampakan rencana dari interior bagan lobby rumah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang baru.

Lounge yang dibuat mewah untuk makan dan minum

Rumah baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Youtube/Rans Entertainment)

Interior ini nantinya akan ditempatkan pada bagian lobby, namun belum begitu spesifik pada sudut mana nantinya akan ditempatkannya. Sungguh sebuah rumah idaman bagi masyarakat pada umumnya.

Ruang keluarga, hanya untuk Raffi, Nagita dan Rafathar

Rumah baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Sumber: Youtube/Rans Entertainment)

Dalam setiap rumah tangga pasti nantinya butuh sebuah ruang keluarga. Hal ini pun sama seperti Raffi dan Nagita yang mempersiapkan sebuah ruang keluarga khusus untuknya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tagar BTSLoveMyself Trending Topic di Twitter Jadi Sorotan

Posted: 30 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - BTS bersama UNICEF meluncurkan video kampanye "Love Myself" dalam rangka perayaan Hari Persahabatan Sedunia, menuai perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (30/7/2019).

Artikel lain yang juga menyedot perhatian datang dari finalis Indonesia meraih penghargaan bergengsi di Google Science Fair 2019, dan pre-order Galaxy Note 10 Plus digelar 7 Agustus.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. VIDEO: #BTSLoveMyself Trending Topic di Hari Persahabatan Sedunia

BTS kembali menjadi perbincangan hangat berkat penampilan mereka di Good Morning America untuk pertama kalinya di Central Park, NYC  pada Rabu (15/05/2019) (Liputan6.com/twitter/GMA)

BTS bersama UNICEF merilis video kampanye "Love Myself" dalam rangka merayakan Hari Persahabatan Sedunia. Warganet pun ikut serta meramaikan hingga #BTSLOVEMYSELF jadi trending topic.

Baca selengkapnya di sini

2. Finalis Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi di Google Science Fair 2019

Beberapa Pelajar Peraih Penghargaan di Google Science Fair 2019. Kredit: Google

Pemenang kompetisi bertajuk Google Science Fair 2019 telah diumumkan. Akun Twitter resmi Google Science Fair (@googlescifair) mengumumkan lima finalis yang meraih penghargaan di ajang khusus pelajar berusia 13-18 tahun di seluruh dunia tersebut.

Celestine Wenardy, satu-satunya finalis asal Indonesia, menjadi salah satu finalis yang meraih penghargaan bergengsi, yakni Virgin Galactic Pioneer Award.

Penghargaan itu diberikan kepada "siswa yang menggunakan pendekatan inovatif dan langsung untuk memecahkan sejumlah tantangan teknik terbesar."

Baca selengkapnya di sini

3. Pre-order Galaxy Note 10 Plus Bakal Digelar 7 Agustus

Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Spesifikasi Galaxy Note 10 Plus telah banyak beredar di ranah internet. Kali ini kembali muncul informasi tanggal pre-order smartphone tersebut.

Dilansir GSM Arena, Selasa (30/7/2019), pre-order Galaxy Note 10 Plus dilaporkan akan mulai digelar pada hari pengumumannya, 7 Agustus 2019. Setelah itu, pengiriman produk kepada konsumen akan dimulai pada 23 Agustus 2019.

Untuk spesifikasi, [Galaxy Note 10]( 4024028 "") Plus disebut memiliki layar QHD+ 6,8 inci (1.440 x 3.040 piksel), RAM 12GB, serta dua opsi memori internal yaitu 256GB atau 512GB UFS 3.0.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zinedine Zidane Tidak Panik Real Madrid Terus Meraih Hasil Buruk

Posted: 30 Jul 2019 09:35 PM PDT

Muenchen - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane tidak panik meski timnya kalah 0-1 dari Tottenham Hostpur pada semifinal Audi Cup 2019 di Munich, Selasa (30/7/2019) malam setempat. Hasil itu memperpanjang tren negatif Los Blancos pada pramusim 2019. 

Gol tunggal kemenangan Tottenham di Allianz Arena disumbangkan Harry Kane pada babak pertama. Hasil tersebut membuat Real Madrid gagal menang pada waktu normal dalam empat laga beruntun di pramusim. 

Sebelumnya, El Real takluk 1-3 dari Bayern Munich, bermain 2-2 kontra Arsenal (kemudian menang melalui adu penalti), dan dipermalukan Atletico Madrid 3-7 di New Jersey.  

"Saya selalu berpikir positif," kata Zidane di Munich, setelah kekalahan dari Tottenham, seperti dilansir Evening Standard

"Tak seorang pun bisa mengganggu apa akan kami lakukan tahun ini. Saya tahu ini rumit, karena kami mengawali musim yang sulit, dan kami memulainya dengan cara sulit. Tapi, saya tahu kami memiliki tim hebat." 

"Kami belum siap, itu jelas terlihat. Real Madrid akan meningkatkan permainan, akan lebih percaya diri dan lebih segalanya. Yang kami butuhkan sekarang adalah memenangi laga, itu yang sesungguhnya," imbuh Zidane. 

 

Punya Kesempatan Bangkit

Pada pertandingan tersebut, El Real tidak diperkuat Gareth Bale. Pemain asal Wales tersebut tidak dibawa ke Audi Cup 2019 setelah kepindahannya ke klub China gagal terealisasi. 

Real Madrid masih punya kesempatan mengakhiri tren negatif di laga pramusim. Eden Hazard dan kawan-kawan akan meladeni Fenerbahce pada perebutan peringkat ketiga Audi Cup 2019, Rabu (31/7/2019) malam.

Di atas kertas El Real punya kans besar mengunci kemenangan atas Fenerbahce. Namun, apa pun bisa terjadi jika merujuk hasil yang dibubukan Real Madrid belakangan ini.  

Sumber: Bola.com

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juni 2019, Uang Beredar di Masyarakat Capai Rp 5.911 Triliun

Posted: 30 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) mencatat, likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh melambat pada Juni 2019. Posisi M2 pada Juni 2019 tercatat Rp5.911,2 triliun atau tumbuh 6,8 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 7,8 persen (yoy).

Dikutip dari laporan Bank Indonesia, Rabu (31/7/2019), perlambatan M2 terjadi pada seluruh komponen. Uang beredar dalam arti sempit (M1) tumbuh melambat, dari 7,4 persen (yoy) pada Mei 2019 menjadi 4,5 persen (yoy) pada Juni 2019.

Perlambatan M1 tersebut terutama pada komponen uang kartal seiring dengan kembali normalnya kebutuhan likuiditas masyarakat pasca Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri. Komponen lainnya berupa uang kuasi juga tumbuh sedikit melambat, dari 7,9 persen (yoy) pada Mei 2019 menjadi 7,6 persen (yoy) pada Juni 2019.

Berdasarkan faktor yang memengaruhi, perlambatan pertumbuhan M2 terutama disebabkan oleh penurunan operasi keuangan pemerintah dan perlambatan penyaluran kredit. 

Tidak hanya itu, BI juga mencatat operasi keuangan pemerintah menurun sebesar -12,7 persen (yoy), setelah mencatat kenaikan 5,5 persen (yoy) pada Mei 2019 yang disebabkan oleh penurunan tagihan kepada Pemerintah Pusat.

Sementara itu, penyaluran kredit pada Juni 2019 tumbuh 9,9 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada Mei 2019 sebesar 11,1 persen (yoy). Di sisi lain, aktiva luar negeri bersih turun sebesar -2,2 persen (yoy) pada Juni 2019, membaik dibandingkan -3,2 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

 

Suku Bunga Kredit Turun

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Suku bunga kredit pada Juni 2019 menurun, sementara suku bunga simpanan bergerak bervariasi. Rata-rata tertimbang suku bunga kredit Juni 2019 sebesar 10,73 persen, turun 3 basis poin dibandingkan dengan suku bunga pada bulan sebelumnya.

Demikian juga, rata-rata tertimbang suku bunga simpanan berjangka tenor 1 bulan dan 6 bulan juga menurun, dari masing-masing 6,82 persen dan 7,31 persen pada Mei 2019 menjadi 6,76 persen dan 7,26 persen.

Suku bunga simpanan berjangka tenor 3 bulan tercatat relatif stabil sebesar 6,79 persen. Sementara suku bunga simpanan berjangka waktu 12 bulan dan 24 bulan meningkat menjadi masing-masing 7,05 persen dan 7,34 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irish Bella Hamil Bayi Kembar, Sinetron Cinta Suci pun Pamit Dari Penggemar

Posted: 30 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cinta Suci menjadi salah satu sinetron favorit di SCTV. Drama keluarga yang dibintangi Irish Bella dan Ammar Zoni ini sayangnya harus pamit dari layar kaca. Penayangan Cinta Suci, Rabu (31/7/2019) malam pukul 20.00 WIB adalah episode terakhir. 

Lantas, mengapa justru saat memiliki rating dan audience share tinggi, Cinta Suci malahan dihentikan penayangannya? Ternyata ini terkait dengan kondisi Ibel, sapaan akrab Irish Bella.

Seperti diketahui Ibel sedang hamil muda dan diprediksi janin bayi yang ada dalam kandungannya ini adalah kembar. "Kami istirihatkan dulu Irish Bella karena hamil bayi kembar," papar David Suwarto, Deputy Director Programming SCTV, saat dihubungi Rabu (31/7/2019) pagi. 

Cinta Suci akan mundur dari layar lebar dan Irish Bella isrirahat dulu. Sementara, SCTV telah menyiapkan sinetron terbaru di slot tersebut yang juga memilik kisah drama menarik. 

Natasha Wilona dan Immanuel Caesar Hito

Tanpa makeup tebal Natasha Wilona tetap mampu memancarkan kecantikannya. Gadis berusia 20 tahun ini terlihat natural sesuai dengan usianya. Meski masih terbilang muda, prestasi Natasha Wilona dalam dunia akting tak perlu diragukan lagi. (Kapanlagi/Budy Santoso)

Sinetron baru sudah disiapkan sebagai pengisi slot yang ditinggalkan Cinta Suci. Judul sinetron itu adalah Cinta Karena Cinta. Skenario drama memikat ini ditulis oleh Hilman Hariwijaya. 

Lahir dari rumah produksi yang sama Sinemart Productions, Cinta Karena Cinta dibintangi sejumlah pesinetron top, sebut saja Natasha Wilona, Immanuel Caesar Hito dan Aditya Zoni. 

Ammar ke Aditya

Aditya Zoni, pemain sinetron Tuhan Ada di Mana-Mana di SCTV. foto: Instagram (real_aditya1)

Habis masa tayangnya sinetron Cinta Suci juga membuat Ammar Zoni jadi tak muncul lagi dilayar SCTV. Sebagai Marcell, Ammar Zoni beradu akting dengan Irish Bella. Lantaran sinetron itu pula mereka pacaran dan akhirnya menikah, akhir April 2019 lalu.

Kini, dalam keadaan hamil muda bayi kembar Ibel, istri Ammar Zoni memilih istirahat dari kegiatan syuting. Uniknya, slot Cinta Suci diisi oleh sinetron drama yang dibintangi adik kandung Ammar yaitu Aditya Zoni. 

Aditya mulai dikenal pemirsa SCTV lewat sinetron Tuhan Ada Di Mana-mana yang dibintanginya. Aditya juga sempat bermain dalam sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta. Dan, kini dalam Cinta Karena Cinta Aditya bertemu kembali dengan Natasha Wilona, lawan mainnya di sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tottenham Hotspur Menang 1-0 dari Real Madrid

Posted: 30 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tottenham Hotspur berhasil mengalahkan Real Madrid 1-0 pada laga Audi Cup 2019. Gol tunggap Spurs dicetak oleh Harry Kane.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Damar, Putra Dono Warkop Lulusan S3 Teknik Nuklir di Swiss

Posted: 30 Jul 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal dengan komedian Wahyu Sardono atau yang lebih dikenal dengan Dono Warkop? Namanya melambung tinggi karena aksi panggung bersama rekan satu grupnya di Warkop DKI, Indro dan Kasino. Meski telah tutup pada 2001 silam karena kanker paru-paru, sosok Dono masih membekas di ingatan masyarakat hingga saat ini. 

Di balik semua sikap konyol yang ditunjukkan, Dono adalah seorang Dosen.Namun, siapa yang menyangka bahwa pelawak kelahiran Klaten ini merupakan sosok yang berpendidikan. Ia bahkan pernah bekerja sebagai Dosen Sosiologi, dari Fakultas Ilmu Sosial di Universitas Indonesia loh!

Nampaknya, peribahasa "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" ini sesuai dengan putra kedua Dono Warkop. Pasalnya, anak keduanya yang bernama Damar Canggih Wicaksono atau yang lebih akrab disapa Damar ini menempuh pendidikan Doktoral di Swiss. Jurusan yang diambil pun tidak main-main yaitu Teknik Nuklir. Dilansir dari laman ETH Zurich, Damar sudah menerima gelar Doktor dalam pada Februari 2018 silam. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta-fakta Damar putra kedua Dono Warkop DKI, Rabu (31/7/2019).

1. Pernah diremehkan sang ayah

Damar Canggih Wicaksono

Nyatanya, kesuksesan putra Dono diluar dugaan dari almarhum. Tak hanya pada Damar, sebelum meninggal Dono pernah tidak percaya pada ketiga buah hatinya. Menurut Indro, semasa hidup sahabatnya itu sempat meremehkan putranya. Dono menganggap anak tertuanya tidak bisa memegang para adiknya karena perbandingan usia yang berjauhan, yakni 6 tahun. 

Meski begitu, nyatanya hal itu berbeda dengan hasil yang dicapai. Ketiga putra Dono peduli terhadap dunia pendidikan. Tak hanya Damar yang mampu menempuh pendidikan di Swiss. Kakaknya Andika Aria Sena merupakan lulusan Broadcast UI, sementara bungsu Satrio Sarwo Trengginas juga sudah menyelesaikan pendidikan S1 Bahasa Belanda di universitas yang sama saat sang ayah mengajar.

 

2. Yatim Piatu di Usia 15 tahun

Damar Canggih Wicaksono

Sang ibu Titi Kusumawardhani atau yang lebih dikenal dengan Didiet meninggal pada 14 Agustus 1999 akibat kanker payudara. Dua tahun setelahnya, Dono meninggal tepatnya pada 30 September 2001 di usia 50 tahun akibat kanker paru-paru yang dideritanya. 

Ketiga anak Dono dan Didiet menjadi yatim piatu di usia yang remaja. Saat itu sang kakak berusia 21 tahun, Damar 15 tahun dan bungsu 9 tahun. Ketiga buah hati Dono dirawat oleh sang nenek, serta mendapat dukungan dari paman dan bibi. Meski sudah yatim piatu diusia yang masih muda, namun Damar mampu menunjukkan semangatnya untuk terjun ke dunia pendidikan. 

3. Memiliki prestasi yang gemilang

Damar Canggih Wicaksono (Sumber: Instagram/damar_canggih_wicaksono)

Diterima di Universitas Gadjah Mada, membuat putra kedua Dono ini harus pindah ke Yogyakarta pada tahun 2004 silam. Ia mampu menyelesaikan pendidikan S1 di bidang Teknik Nuklir pada tahun 2009.

Bercita-cita menjadi peneliti, pada tahun 2010 ia mendapat kesempatan untuk melanjutkan S2di Federal Institute of Technology (ETHZ) dan di Lausanne (EPFL) Swiss. Tak main-main Damar bahkan lulus dengan pridkat Cum Laude pada tahun 2012.  Damar melanjutkan studi doktoralnya dan mendapatkan gelar doktor di bidang teknik nuklir pada tahun 2018 silam. 

Tak hanya itu, Damar juga beberapa kali berkontribusi sebagai pembicara dalam konferensi International Topical Meeting on Nuclear Reactor Thermalhydraulics (NURETH-16), di Chicago, Illinois, Amerika di tahun 2015 ini. Sang adik, Satri juga pernah mengungkapkan Damar pernah ke Jepang untuk menerima penghargaan sebagai best student.

 

 

4. Punya tekad yang kuat

Damar Canggih Wicaksono (Sumber: Instagram/damar_canggih_wicaksono)

Damar memang punya tekad yang kuat untuk mencapai kesuksesannya. Satrio, putra bungsu Dono pernah mengatakan bahwa kakanya belajar lebih ekstra daripada yang lain. Hal ini terlihat saat ia duduk di bangku SMA, Damar menulis  rumus matematika pakai kapur di lemari pakaian.

Tak hanya itu, Damar juga terkenal rajin membaca buku. Tak ayal julukan kutu buku pun melekat pada sosok Damar. 

Usai menempuh pendidikan S3, Damar tenyata ingin meneruskan jejak ayahnya sebagai seorang dosen. Dunia pendidikan nampaknya lebih menarik perhatiannya daripada dunia hiburan. 

5. Sudah Menikah

Jarang terkespos oleh media, putra kedua Dono ini sudah menikah pada Maret 2019. Keduanya diketahui menikah dengan pernikahan yang sederhana dan tidak berlebihan.

Pada tahun 2018 silam, melalui akun instagram Indro Warkop terlihat Damar tengah berkunjung kepada sahabat mendiang ayahnya. Tak sendiri, Damar pun mengajak tambatan hatinya.

Gadis yang mampu mencuri hati Damar diketahui bernama Fauziah. Menggunakan baju merah dan kacamata, Fauziah terlihat sosok yang sederhana. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Populasi Menyusut, Provinsi di China Ini Akan Terapkan Kebijakan Tiga Anak

Posted: 30 Jul 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama ini citra China adalah sebagai negara dengan penduduk yang padat. Di masa lalu, Negeri Tirai Bambu itu memiliki pertumbuhan penduduk yang tinggi. Maka tak elak, kebijakan satu anak China yang penuh kontroversi pernah dijalankan pada 1978 silam.

Kebijakan itu lalu dilonggarkan pada 2016, di mana pasangan dimungkinkan memiliki dua anak demi menyeimbangkan populasi yang menua dengan cepat.

Situasi yang berbeda terjadi saat ini. Sebuah provinsi di bagian timur laut China berencana melonggarkan pembatasan kelahiran anak, lapor Reuters dikutip dari Thes Straits Times, Rabu (31/7/2019).

Bahkan, Provinsi bernama Liaoning itu akan memperbolehkan pasangan memiliki tiga anak untuk meningkatkan pertumbuhan penduduk yang semakin menurun.

Penurunan tingkat pertumbuhan itu bukanlah tanpa risiko. Mengingat, dengan kelahiran yang rendah, maka layanan kesehatan dan dana pensiun China diperkirakan akan semakin meningkat karena jumlah orang lanjut usia meningkat.

Kebijakan satu anak China yang penuh kontroversi pernah terjadi pada 1978 silam. Kebijakan itu lalu dilonggarkan pada 2016, di mana pasangan dimungkinkan memiliki dua anak demi menyeimbangkan populasi yang menua dengan cepat.

Detail Kebijakan

Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Pemerintah Provinsi Liaoning mengatakan pada situs webnya pada Selasa 30 Juli, akan merevisi peraturan keluarga berencana.

Provinsi itu telah menyusun peraturan baru yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan, perumahan dan jaminan sosial dan memberikan lebih banyak dukungan keuangan bagi keluarga yang memilih untuk memiliki dua anak.

Pemerintah daerah juga akan memungkinkan beberapa pasangan yang tinggal di "daerah perbatasan" untuk memiliki tiga orang anak.

Kebijakan itu diperbolehkan oleh pemerintah pusat, yang memberikan kelonggaran kebijakan - khususnya terkait populasi kepada pemerintah daerah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adaptasi Lancar, De Jong Makin Betah di Barcelona

Posted: 30 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Frenkie De Jong bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. Ia ditebus dari Ajax dengan biaya yang mencapai 75 juta euro.

De Jong ikut terlibat saat Barcelona menang 2-0 atas Vissel Kobe pada laga pramusim yang berlangsung di Noevir Stadium Kobe, Sabtu (27/7/2019) sore WIB.

Klub Jepang itu sekarang diperkuat beberapa mantan pemain Barcelona seperti Andres Iniesta, Sergi Samper, David Villa dan yang terbaru Thomas Vermaelen.

De Jong bisa melakukan debutnya di Camp Nou dalam pertandingan persahabatan pramusim melawan Arsenal pada 4 Agustus, sebelum pertandingan pembuka musim La Liga melawan Athletic Bilbao pada 17 Agustus.

Pemain asal Belanda itu sudah bergabung dengan gelandang-gelandang Barcelona lainnya seperti Sergio Busquets dan Ivan Rakitic. Mereka akan menjadi andalan pelatih Ernesto Valverde pada musim ini.

De Jong mengatakan bahwa kedua pemain itu sudah membantunya beradaptasi di Barcelona. Dia berharap bisa belajar banyak dari mereka.

 

Komentar de Jong

Pemain Chelsea, Mason Mount (kiri) mengontrol bola melewati pemain Barcelona, Frenkie de Jong dan Guillem Jaime Barcelona selama pertandingan laga perdana pramusim di Saitama Stadium 2002, Saitama, Selasa (23/7/2019). Chelsea menang tipis 2-1 atas Barcelona. (AP Photo/Shuji Kajiyama)

"Semua orang banyak membantu saya, dari para pemain hingga staf, hingga klub," kata De Jong seperti dilansir Sport360.

"Tentu saja, saya sudah menyaksikan banyak pertandingan Barcelona selama beberapa tahun terakhir, jadi saya tahu mereka adalah pemain luar biasa.

"Saya memandang mereka dan mereka adalah contoh bagi saya."

De Jong akan memakai nomor 21 di Barcelona pada musim 2019/2020. Nomor tersebut sebelumnya dipakai oleh Carles Alena.

De Jong merupakan pemain Barca kesembilan yang pernah mengenakan nomor punggung 21. Sebelum dirinya, ada juga Luis Enrique yang kini berkarir sebagai pelatih dan pernah menyumbang gelar treble pada tahun 2015 lalu.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benarkah Vicky Prasetyo Sudah jadi Tersangka, Begini Jawaban Polisi

Posted: 30 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vicky Prasetyo sempat disebut-sebut berstatus sebagai tersangka atas laporan mantan istrinya Angel Lelga. Namun, pihak Kepolisian berkata lain. Saat ini, Vicky Prasetyo masih berstatus sebagai saksi.

Pihak kepolisian juga masih akan memeriksa beberapa saksi lain, termasuk saksi ahli untuk kasus Vicky Prasetyo melawan Angel Lelga ini.

"Sudah kita periksa beberapa saksi. Nanti kita akan masuk pada tahapan pemeriksaan ahli, dari ahli ITE, bahasa, dan juga ahli pidana," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Andi Sinjaya Ghalib di kantornya, Selasa (30/7/2019).

Mengenai kemungkinan Vicky Prasetyo menjadi tersangka seperti yang diharapkan Angel, hasilnya akan diketahui setelah dilakukan gelar perkara.

"(Kemungkinan Vicky Prasetyo jadi tersangka) tergantung dari bukti-bukti yang ada. Setelah bukti-buktinya ada, nanti akan kita gelarkan. Putusan gelar nanti akan menentukan bisa ditingkatkan statusnya sebagai tersangka atau tidak," ujar Andi Sinjaya

 

Kasus Lain

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga [foto: instagram/vickyprasetyo777]

Sejauh ini, Angel Lelga memang sempat melaporkan Vicky Prasetyo terkait penipuan yang dilakukan mantan suami dan keluarganya. Nyatanya, Vicky dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik, buntut dari aksi penggerebekan yang dilakukannya pada November 2018 lalu.

"(Dilaporkan terkait pelanggaran) pasal 27 UU ITE tentang pencemaran nama baik, berkaitan dengan awalnya laporan (dugaan perzinaan) dari Saudara Vicky terhadap Saudari Angel," ujar Andi.

"Setelah perkara dugaan perzinaan terhadap Saudari Angel tidak terbukti, akhirnya dari Saudari Angel melaporkan kembali Saudara Vicky dengan pencemaran nama baik," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: