Selasa, 23 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menteri Bambang Jabarkan Fokus Pembangunan 5 Tahun ke Depan

Posted: 23 Jul 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk periode 2020-2024. Dalam penyusunan tersebut, ada beberapa fokus yang masih akan dilanjutkan pada periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalam 5 tahun ke depan pekerjaan besar yang masih akan dilakukan adalah pembangunan infrastruktur.

"Presiden berikan arahan waktu di Sentul apa yang menjadi arahan beliau, terlihat ada keberlanjutan yang saat ini masih berlangsung yaitu masih dilanjutkannya pembangunan infrastruktur," kata Bambang dalam paparannya, di Jakarta, Rabu (23/7/2019).

Bambang menyebut, meski pembangunan infrastuktur sudah dilakukan di 5 tahun pertama kepemimpinan Jokowi namun belum cukup. Sebab masih ada beberapa daerah yang belum terkonektivitas.

"Tetapi tentunya untuk negara sekomplek Indonesia dengan kepulauan terbesar maka tidak heran belum selesai sehingga masih akan berlanjut," katanya.

Kendati begitu, fokus pemerintah dalam membangun infrastuktur tidak sekedar pada pembangunan jalan saja. Melainkan pembangunan infrastruktur nantinya akan disambugkan dengan kawasan ekonomi khusus, pariwisata, sektor pertanian hingga kawasan perikanan.

"Artinya membangun infrastruktur bukan hanya semata pembangunan infrastruktur itu sendiri tapi dimensi wilayah sekitaranya. Tujuan utamanya adalah ada jalan tapi di daerah sekitar tersebut harus berkembang, sehingga harus melihat ke depan wilayahnya," bebernya.

 

Kesehatan dan Pendidikan

Menteri Negara PPN/Ka Bappenas Bambang Brodjonegoro saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema

Kemudian sektor lain yang masih akan dilanjutkan oleh Presiden Jokowi adalah masalah kesehatan dan pendidikan. Di mana, pada kesehatan menjadi prioritas pemerintah ke depan yaitu mengenai stunting dan angka kematian ibu saat melahirkan.

"Kita harapkan dari kesehatan isu ketinggalan masalah stunting ibu yang mengandung kemudian juga kematian ibu melahirakan harus dijadikan proritas," tegasnya.

Sementara untuk sektor pendidikan, pemerintah masih akan fokus terhadap pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkopenten agar mampu berdaya saing. Tentu saja, peran ini tidak lepas dari program vokasi yang kini tengah dilakukan oleh pemerintah.

"Otomatis pendidikan, sekarang kita bicara kualitas. SDN kita sudah harus beralih kepada kualitas pendidikan menjadikan vokasi," kata Menteri Bambang.

 

Investasi dan Lapangan Kerja

Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro memberikan keterangan terkait rencana pemindahan ibu kota negara di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Pemerintahan Presiden Jokowi kembali membuka wacana pemindahan ibu kota negara karena kondisi lingkungan Jakarta yang semakin menurun. (merdeka.com/Imam Buhori)

Menteri Bambang melanjutkan, tidak kalah penting menjadi priorotas pemerintah ke depan yakni mendatangkan investasi ke dalam negeri. Pemerintah, kata dia, akan membuka seluas-luasnya untuk menggaet investor asing masuk. Tentu saja ini bertujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaa

"Karena orang tidak sadar datanganya investasi untuk mendatangkan lapangan pekerjaan. kalau ada invstasi otomotif dibuka, maka jangan hanya dihitung jumlah pekerja yang diserap, tapi mereka butuh suku cadang, mereka bisa membeli dari suku cadang dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan, jadi ada nilai tambahan," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Member Rayakan Ultah One Direction, ke Mana Harry Styles?

Posted: 23 Jul 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, London - One Direction baru saja berulang tahun yang kesembilan pada Selasa (23/7/2019) kemarin. Pada tanggal ini, tahun 2010, Niall Horan, Liam Payne, Harry Styles, Louis Tomlinson, dan Zayn Malik yang berkompetisi dalam The X Factor secara terpisah, digabung menjadi satu grup.

Tanggal spesial ini tentu disambut gembira oleh para penggemar One Direaction. Bahkan tagar mengenai ulang tahun boyband ini, sempat duduk dalam trending topic Twitter di sejumlah negara.

Tak hanya penggemar, para personel One Direction rupanya ikut merayakan ultah grupnya ini.

Niall Horan, Liam Payne, dan Louis Tomlinson, mengunggah kalimat manis di akun media sosial masing-masing.

9 Tahun

One Direction. (AFP/Bintang.com)

Liam Payne menulis di Twitter-nya, "9 tahun...Sungguh luar biasa saat melihat kembali kenangan masa lalu dan sekarang bahkan kami bisa trending worldwide setelah 9 tahun. Kalian fans terhebat di dunia."

"Begitu banyak kenangan yang hebat. Hari-hari seperti ini adalah saatnya refleksi, sungguh bangga saat menengok ke belakang! Terima kasih karena selalu mendukung kami!" tulis Louis Tomlinson.

Niall Horan tak mau kalah. Ia bercuit, "9 tahun!! Tak bisa berhenti berterima kasih atas dukungan selama bertahun-tahun. Aku mencintaimu."

Harry di Mana?

Harry Styles. (AFP/Bintang.com)

Hanya saja, hingga berita ini ditulis, Harry Styles belum ikut serta dalam kemeriahan ini. Tak nampak ucapan selamat di akun Instagram maupun Twitter miliknya. Sebagai catatan, dibanding rekannya yang lain, Harry Styles memang terbilang jarang mengunggah media sosial.

Sementara mantan personel One Direction, Zayn Malik, juga tidak secara langsung mengucap selamat di media sosial. Lewat Instagram, ia mengunggah selfie dan kutipan soundtrack Aladdin.

"Shining, shimmering, splendid. Love you," tulis Zayn. Di kolom komentarnya, banyak warganet yang mengirim tagar mengenai ultah One Direction dan menanyakan kesannya mengenai momen spesial grup ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Amatir Kebakaran SPBU di Konawe Selatan

Posted: 23 Jul 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WITA, Selasa (23/7/2019) kemarin.

Pengamatan dari video yang ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (23/7/2019) beberapa warga panik dan berlarian menjauhi lokasi kebakaran. Petugas SPBU juga berupaya untuk memadamkan api.

Tidak adanya alat pemadam kebakaran di lokasi kejadian, membuat api sulit dipadamkan. Sekitar satu jam kemudian, api berhasil dijinakan.

Berikut adalah video amatir kebakaran di SPBU Konawe Selatan di channel SCTV di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Batik Parang, Prabowo Sambangi Rumah Megawati

Posted: 23 Jul 2019 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berkunjung ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019). Mengenakan batik motif parang berwarna hijau, Prabowo tiba di rumah Megawati sekitar pukul 12.29 WIB.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Prabowo disambut putri Megawati, Puan Maharani begitu keluar dari mobilnya. Sementara Megawati menyambut dari teras rumah bersama beberapa orang dekatnya.

Hadir dalam pertemuan itu, putra Megawati Prananda Prabowo, Sekjen PDIP Hasto Kristyanto, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Waketum Partai Gerindra Edhy Prabowo, Seskab Pramono Anung, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Tidak ada pernyataan yang disampaikan Prabowo maupun Megawati dalam pertemuan tersebut. Prabowo hanya terpantau bersalaman dengan Megawati.

Selanjutnya, mantan Danjen Kopassus itu melambaikan tangan ke arah media sebelum masuk ke rumah Megawati.

Tak Dihadiri Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo mengatakan masyarakat tidak boleh lagi berseteru sebab Pilpres sudah lewat. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri hari ini akan menerima kunjungan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam pertemuan ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan tidak hadir.

"Pertemuan nanti hanya Bu Megawati Soekarnoputri dengan Pak Prabowo," ucap Hasto di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Meski begitu, kata dia, dirinya dan beberapa petinggi PDIP dan Gerindra akan menemani Megawati dan Prabowo makan siang.

"Kalau makan berdua kan kurang afdol. Maka kami akan menemani," ungkap Hasto.

Adapun yang turut mendampingi diantaranya Politisi PDIP yang juga Menko PMK Puan Maharani, Kemudian Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan jajaran Gerindra.

"Ada Mbak Puan, Mas Pram, itu yang nanti kira-kira menemani. Dan Pak Prabowo juga akan didampingi oleh beberapa jajaran teras Partai Gerindra," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan 5 Hal Ini Saat Berwisata di Luar Negeri, Bisa Berujung Bui

Posted: 23 Jul 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Piknik ke luar negeri menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki uang dan ingin pergi jauh untuk sementara waktu. Maka tak elak, cara wisata ini sering dianggap bergengsi.

Bagi Anda yang memilih pergi wisata ke negara asing, harus hati-hati. Pastikan Anda telah membaca sekilas tentang budaya, norma, serta hukum di tempat tujuan. Khususnya, berkaitan dengan hal-hal apa saja yang dilarang dilakukan di sana.

Berikut adalah lima hal yang tidak boleh Anda lakukan di tempat wisata negara lain, seperti dilansir dari laman List Verse pada Selasa (23/7/2019).

 

1. Bertelanjang Dada di Venesia

kanal-kanal di kota Venesia mengering akibat anomali cuaca - AFP

Bagi Anda yang gemar berjalan-jalan dengan bertelanjang dada, tampaknya harus waspada jika berwisata ke Venesia. Kota di Italia ini mengharuskan wisatawan untuk mengenakan baju di sejumlah spot. Jika mereka mengenakan pakaian yang tidak sesuai, maka dapat didenda hingga € 500 (sekitar Rp 7.800.000).

Selain itu, Anda juga tidak boleh makan di tempat umum, khususnya di kawasan wisata utama. Hal itu dalam rangka mencegah masalah yang disebabkan oleh keteledoran turis.

2. Membawa Plastik ke Capri, Italia

Dolce & Gabbana lansir koleksi parfum terbatas yang terisnpirasi dari pulau Capri di Italia.

Pulau Capri di Italia sangat dijaga oleh warga setempat, termasuk dari sampah plastik yang membahayakan lingkungan. Maka jangan kaget, jika mereka tidak memperbolehkan Anda menggunakan plastik sekali pakai di tempat wisata.

Sedotan dan gelas plastik adalah sebagian dari barang yang dilarang. Kedua hal itu tidak lagi tersedia di restoran maupun kafe setempat.

Nah, apa jadinya jika Anda didapati mengenakan plastik sekali pakai? Anda berpotensi didenda dengan jumlah yang sama di Venesia, yakni hingga € 500 (sekitar Rp 7.800.000).

Jadi pastikan, Anda membawa keranjang atau tas belanja saat berjalan-jalan di Pulau Capri. Karena nominal dendanya, lumayan digunakan untuk belanja suvenir.

3. Menginjak Uang di Thailand

Ilustrasi Tempat Wisata di Bangkok (sumber: unsplash)

Warga Thailand sangat menghormati keluarga kerajaan dan patuh dengan hukum lese-majeste. Sebagian dari norma yang mengikat adalah, dilarang memberikan komentar negatif atau melecehkan keluarga raja.

Salah satu larangan dari hukum tersebut adalah menginjak uang kertas. Hal itu karena wajah raja terdapat pada mata uang Negeri Gajah Putih.

4. Memotret Sembarangan

Ilustrasi kamera ponsel (Sumber: Pixabay)

Bagi Anda yang memiliki kegemaran fotografi, bukan berarti Anda dapat mengambil gambar sesuka hati di semua tempat. Di beberapa tempat, memotret tanpa izin dapat menyebabkan didenda atau ditahan.

Pada tahun 2018, seorang turis Inggris di Mesir ditangkap karena memfoto bandara di mana secara tidak sengaja menangkap sebuah helikopter militer di latar belakangnya.

Selain itu, Prancis juga sangat sensitif jika wisatawan mengambil foto pasukan keamanannya. Tindakan itu bisa membuat kamera Anda disita.

5. Mandi di Air Mancur Romawi

Salju menutupi kota Baalbek di Lebanon kuno di timur Lembah Bekaa (17/1). Baalbek terkenal karena reruntuhan kuil Romawi di wilayah ini. (AP Photo)

Mandi air mancur Romawi mungkin tampak seperti aktivitas yang sempurna untuk wisata di musim panas. Namun, aktivitas itu bisa membuat Anda didenda.

Seperti Venesia, Roma juga menindak turis yang melanggar norma. Para pejabat menetapkan standar "pakaian pantas dipakai" untuk wisatawan serta melarang duduk di air mancur ataupun tangga.

Bermain atau mandi di air mancur yang terkenal akan dikenakan denda € 450 (Rp 4.000.000).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekuk Wakil Thailand, Jonatan Christie Tembus Babak Kedua Japan Open 2019

Posted: 23 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Tunggal putra Jonatan Christie melangkah ke babak kedua Japan Open 2019. Dia menaklukkan wakil Thailand Suppanyu Avihingsanon 21-15, 23-21 di Musashino Forest Sport Plaza, Rabu (24/7/2019).

Jonatan menjadi tunggal putra Indonesia ketiga yang melaju ke putaran berikut Japan Open 2019, mengikuti jejak Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto.

Dia bakal menghadapi Ng Ka Long Angus asal Hong Kong di babak kedua. Angus menembus 16 besar usai menyingkirkan Khosit Phetpradab (Thailand) 21-10, 21-15.

Jonatan menjadi salah satu dari wakil Indonesia pertama yang meraih kemenangan pada hari kedua penyelenggaraan Japan Open 2019. Ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso membungkam Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia) 24-22, 21-10.

Sementara dua wakil lain tersisih. tunggal putri Fitriani harus mengakui keunggulan unggulan dua asal Tiongkok Chen Yu Fei 5-21, 19-21. Sementara ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dikalahkan Mathias Christiansen/Alexandra Boje 21-16, 8-21, 17-21.

Jalan Pertandingan

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jonatan merebut lima poin beruntun untuk menguasai gim pertama. Avihingsanon bisa memangkas ketertinggalan menjadi 4-6. Namun, Jonatan kembali menjauh 11-4, 17-6, dan akhirnya merebut gim pertama.

Cerita hampir serupa hadir pada gim selanjutnya. Unggulan enam Japan Open 2019 tersebut tidak pernah tertinggal dan mendominasi pertandingan. 

Memimpin 3-1, dia melesat dan membuat kedudukan 10-3. Sayang Jonatan kehilangan konsentrasi. Avihingsanon sukses menyamakan skor menjadi 15-15.

Laga berlanjut menjadi deuce. Beruntung Jonatan mampu menunjukkan kematangan di momen kritis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Minta PNS Muda Bawa Kemakmuran bagi Masyarakat

Posted: 23 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) coba berpesan kepada para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sebagai bakal PNS muda yang menggerakkan roda pemerintahan untuk bisa mengangkat perekonomian negara.

"Tujuan membangun pemerintah adalah membangun bangsanya secara adil. Tugasnya apa saja? Membangun negeri ini untuk kemajuan, memakmurkan bangsa secara adil," ujar dia dalam sesi Presidential Lecture bagi CPNS 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Dia mengatakan, kemajuan ekonomi akan diikuti oleh pemberian lapangan kerja secara luas kepada masyarakat. Itu kemudian bakal turut memberikan penghasilan dan kemakmuran pada sebuah negara.

"Karena itulah, maka itu akan dicapai dengan teknologi yang baik. Teknologi yang baik juga bisa dicapai dengan pendidikan yang baik," imbuh dia.

"Karena itulah maka Anda (CPNS 2018) terpilih. Anda diangkat, diberikan penghasilan dan tunjangan yang baik jika berhasil melaksanakan tugas-tugas itu," sambungnya.

Selain itu, ia juga memperingatkan para calon PNS muda tersebut agar siap ditempatkan di mana saja di republik ini demi menjalankan tugas sebagai perwakilan pemerintah di daerah.

Tak lupa, JK pun mewanti-wanti para CPNS untuk mempersiapkan kualitas diri dalam menghadapi tantangan zaman, yang menurut kemampuan dalam hal berkreasi dan berinovasi.

"Jadi kombinasi antara sumber daya alam dan sumber daya manusia adalah kunci daripada kemakmuran dan kemajuan bangsa. Itu menentukan posisi kita dalam tingkat persaingan antar bangsa dan negara," ungkap dia.

 

BKN Minta PNS yang Kena Operasi Tangkap Tangan Diberhentikan Sementara

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Menindaklanjuti temuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Gubernur Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) serta Bendahara Pengeluaran BPKD Pemerintah Kota Pematang Siantar beberapa waktu lalu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) merekomendasikan pemberhentian sementara bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditahan menjadi tersangka tindak pidana kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) kedua instansi tersebut.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan, KPK menyampaikan selain penetapan tersangka kepada Gubernur Kepulauan Riau, dua pejabat yang juga ditetapkan sebagai tersangka yakni Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Kepala Bidang Perikanan Tangkap Pemprov Kepri.

Sementara untuk OTT Kepala BKD dan Bendahara Pengeluaran BPKD Pemkot Pematang Siantar juga sudah dilakukan penetapan tersangka oleh Ditreskrimsus Polda Sumut atas kasus pemotongan insentif pekerja pemungut pajak.

Permintaan pemberhentian sementara PNS tersangka tindak pidana tersebut diajukan melalui surat Kepala BKN bernomor F 26-30/V 93-2/40 dan F.26-30/V 93-1/42 kepada Walikota Pematangsiantar dan Plt. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau selaku PPK bahwa PNS yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kedua OTT itu harus diberhentikan sementara, berlaku akhir bulan sejak PNS tersebut ditahan.

Ketentuan pemberhentian tersebut harus dijalankan sesuai Pasal 88 ayat (1) huruf c Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 serta Pasal 276 huruf c dan Pasal 280 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS bahwa ASN diberhentikan sementara apabila ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana.

"Pemberhentian sementara tersebut dilaksanakan hingga tersangka dibebaskan dengan surat perintah penghentian penyidikan atau penuntutan oleh pejabat yang berwenang, atau telah ditetapkannya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (17/7/2019).

Sementara untuk Gubernur Kepulauan Riau, BKN mengingatkan larangan melaksanakan tugas sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 65 ayat (3) dan ayat (4) bahwa kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan dilarang melaksanakan tugas dan kewenangan sebagai PPK.

Pemberhentian sementara bagi ASN tersangka terpidana ini menjadi rangkaian penegakan reformasi birokrasi yang telah bergulir selama ini.

Selain itu, kepada Walikota Pematang Siantar dan Plt. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau selaku PPK juga diminta memperhatikan hak PNS yang diberhentikan sementara, dengan memberikan uang pemberhentian sementara sesuai ketentuan perundang-undangan.  

Siap-Siap, Penerimaan PNS Pontianak September 2019

Sistem tes seleksi CPNS berbasis online merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Pontianaksebentar lagi dibuka. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pontianak, Multi Juto Batarendro menyebut sekitar bulan September.

Menurut Multi Juto, informasi itu menindaklanjuti pernyataan Menpan-RB saat rapat Apeksi di Semarang. Seperti ditulis Antara, Menpan RB menyampaikan kemungkinan penerimaan CPNS dibuka September tahun ini.

"Usulan formasi CPNS Pontianak tidak jauh berbeda seperti tahun sebelumnya, termasuk dari sisi jumlah yang diajukan ke pemerintah pusat. Pak Wali Kota Pontianak malah mengusulkan diajukan sebanyak 800 orang, tapi tetap ditentukan dari pemerintah pusat, seperti tahun sebelumnya diajukan 900 orang, tetapi yang diterima hanya 200-an formasi saja," kata Multi.

Tahapan penerimaan CPNS juga tidak jauh berbeda dengan pembukaan sebelumnya, jika dibuka pada September 2019, maka CPNS yang dinyatakan lulus mulai menerima gaji pada Januari-Februari 2020.

"Kebutuhan sumber daya aparatur negara itu harus cukup guna menunjang peningkatan pelayanan publik ke masyarakat, dan juga harus seimbang dengan rasio penduduk di Kota Pontianak," katanya.

Multi menambahkan, pihaknya juga sudah menganalisa tentang kebutuhan tersebut, baik jumlah ASN yang dibutuhkan, kualifikasi, kompetensi hingga peta jabatannya.

"Kebutuhan prioritas tetap pada sektor pendidikan dan kesehatan. Namun sektor lain juga menjadi perhatian, apalagi jika berkaitan dengan administrasi dan pelayanan publik," katanya.

Kebutuhan tambahan ASN sangat penting karena tahun 2019 menjadi puncak pensiun ASN. Kota Pontianak tahun ini ada 319 ASN yang pensiun.

"Secara nasional jumlah ASN yang pensiun mencapai satu juta orang," kata Kepala BKPSDM Kota Pontianak.

Ia menjelaskan, Wali Kota Pontianak mengusulkan diajukan sebanyak 800 orang CPNS Pontianak, tapi tetap ditentukan dari pemerintah pusat, seperti tahun sebelumnya diajukan 900 orang, tetapi yang diterima hanya 200-an formasi saja.

Ingin Jadi Pengawas PNS? Pemerintah Buka Pendaftaran Anggota KASN

Ilustrasi tes CPNS

Pemerintah membuka peluang seluruh Warga Negara Indonesia untuk menjadi pengawas Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), dengan menjadi Anggota Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) periode 2019-2024, menggantikan keanggotaan Komisioner KASN periode yang sebelumnya yang akan berakhir pada September nanti.

Berdasarkan Pengumuman Nomor 01/PANSELCAKASN/07/2019 tentang Seleksi Terbuka Anggota KASN Tahun 2019-2024 yang ditandatangani Menteri PANRB Syafruddin, pendaftaran dibuka tanggal 11 Juli dan ditutup pada 22 Juli. Pendaftaran hanya secara online.

 "Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman daftar.menpan.go.id atau menu "Daftar" pada halaman utama situs menpan.go.id," bunyi pengumuman itu, dikutip dari laman Setkab, Minggu (14/7/2019).

Kesempatan menjadi pengawas PNS ini dibuka untuk masyarakat yang memiliki kemampuan, pengalaman, serta pemahaman tentang kebijakan dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, harus memiliki pengalaman dalam pemerintahan maupun non pemerintah yakni perusahaan nasional, multinasional ataupun akademisi secara kumulatif paling singkat selama 15 tahun.

Selain itu, terdapat beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti seleksi ini. Pelamar harus berusia paling rendah 50 tahun pada saat mendaftarkan diri serta berpendidikan minimal S2 di bidang administrasi negara, manajemen sumber daya manusia, kebijakan publik, ilmu hukum, ilmu pemerintahan, dan atau S2 bidang lain yang memiliki pengalaman di bidang manajemen sumber daya manusia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insiden Guru Cubit Murid, Dinas Pendidikan Surabaya Turun Tangan

Posted: 23 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Menanggapi keluhan wali murid di salah satu SD Negeri Surabaya, ada insiden pencubitan seorang guru kepada muridnya, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Ikhsan memastikan, telah mengambil langkah untuk membina guru tersebut.

Kepala Dispendik Surabaya, Ikhsan telah menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada wali murid atau orangtua yang bersangkutan. Bahkan, pihaknya telah memfasilitasi pertemuan antara wali murid dengan pihak sekolah. Ia memastikan akan mengevaluasi dan pembinaan terhadap guru tersebut.

"Sudah kami cek ke sekolah, guru ini mengajar Matematika. Karena anak tersebut menemui kendala, kemudian dicubit. Jadi tidak ada pemukulan dan penamparan," kata Ikhsan di Kantor Dispendik Surabaya, Selasa (23/7/2019).

Meskipun demikian, pihaknya menyampaikan masih membutuhkan waktu untuk melakukan pembinaan dan evaluasi terhadap guru tersebut. Apabila berdasarkan pembinaan ternyata diputuskan guru itu harus dipindah, maka akan dipindah ke sekolah lain.

Namun, Ikhsan menyebut, jika pihak orangtua atau wali murid dapat menerima dan tidak ada masalah, maka guru tersebut tetap bertugas di sekolah yang sama.

"Pihak kepala sekolah sudah memfasilitasi pertemuan guru dengan wali murid. Semuanya sudah saling menerima dan memaafkan. Jadi, kami butuh waktu untuk pembinaan dan evaluasi," tandasnya. 

Sebelumnya, guru SDN Simomulyo I Surabaya diduga mencubit tiga murid sehingga membuat trauma. Guru tersebut sudah mengajar di SDN Simomulyo I Surabaya sejak 2009. Selama ini guru tersebut dikenal santun.

Adapun Sulistianing dan Anggi, yang sama-sama merupakan wali murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Simomulyo I Surabaya, mengungkapkan insiden pencubitan hingga memar yang diduga dilakukan oleh oknum guru berinisial LST.

"Kejadiannya Jumat lalu, terus kami laporkan kepihak sekolahan. Tadi kami sudah ketemu dengan kepala sekolahnya katanya akan diklarifikasi kepada guru yang bersangkutan," kata Sulistianing, Selasa, 23 Juli 2019.

Dia menceritakan, awal mula mengetahui kejadian tersebut ketika anaknya pulang sekolah, ia mendapati tangan kanan anaknya mengalami memar hingga membiru. Saat ia menayakan kepada anaknya, jawabannya cukup buatnya kaget, jika anaknya tersebut dicubit oleh gurunya.

"Ketika salah mengajarkan tugas akan di cubit, kalau salah mengerjakan tugas dua kali akan dicubit dua kali. Kalau anak saya nakal saya bisa memaklumi ataupun ramai di kelas atau bagaimana," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Anggi mengaku jika putranya trauma masuk ke sekolah lantaran sering dimarahi dan salah mengerjakan tugas mendapatkan cubitan. "Anak saya dicubit, dan dimarahi terus. Akibatnya nggak mau masuk sekolah. Katanya takut sama gurunya. Sudah satu hari nggak masuk," ujar Anggi.

Anggaran Pendidikan Capai 32 Persen di Surabaya

Direktur Utama RSUD Dr Soetomo Joni Wahyuadi membenarkan bahwa kondisi Wali Kota Risma sudah lebih sehat. (Foto: Liputan6/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menganggarkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebesar 32 persen untuk biaya pendidikan sehingga sekolah di Surabaya dari PAUD-SMP tidak dipungut biaya sepeser pun. Hal ini mengingat pendidikan bagi anak adalah paling penting dibandingkan lain.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) menyampaikan hal tersebut saat menerima kunjungan tim juri lomba sekolah sehat tingkat nasional 2019 pada Kamis, 18 Juli 2019.

"Saya juga ingin anak-anak belajar dengan nyaman, karena itu saya bangun sekolah bertingkat dan memberikan fasilitas untuk anak-anak mengembangkan potensi diri," ujar Risma dalam sambutannya.

Risma menuturkan, fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah harus dikembangkan sebaik mungkin. Sebab, pembangunan anak-anak itu tidak hanya didukung dari infrastruktur saja tetapi pembangunan nonfisik dan mental. Bahkan ia juga melakukan tes psikis untuk para guru.

"Semenjak saya jadi wali kota, saya ingin semua sekolah tanpa terkecuali untuk punya fasilitas yang lengkap. Guru juga kami tes psikis untuk menjamin mutu pendidikan," kata dia.

Selain bicara infrastruktur, Risma juga terus memantau kesehatan para pelajar Surabaya. Tak tanggung-tanggung, untuk memastikan keadaan para pelajar tetap sehat, tiap satu bulan sekali dilakukan tes kesehatan dan pemberian vitamin. Dinas Kesehatan Surabaya juga memberi asupan gizi tambahan untuk daya tahan tubuh.

"Setiap sebulan sekali Dinkes kami keliling, pokoknya memastikan kondisi tubuhnya fit dan kita beri vitamin tambahan. Sehat jasmani memang sangat penting, tapi sehat mental juga tidak kalah pentingnya," lanjutnya.

Oleh karena itu, untuk terus menumbuhkan kesehatan mental dan memastikan keamanan di luar sekolah, Tri Rismaharini juga memantau anak-anak di lingkungan umum, seperti di taman-taman dan tempat yang biasa digunakan tempat nongkrong. 

Biasanya di tempat-tempat seperti itu dijaga oleh petugas Linmas untuk memantau.

"Kami tidak ingin mereka sehat di sekolah saja, kita letakkan Linmas perempuan. Kenapa sekarang  ada Linmas dan Satpol PP perempuan,. Inilah upaya kami untuk menjaga anak-anak," kata dia.

Selain itu, di Surabaya juga ada sebanyak 461 Taman Baca Masyarakat (TBM), 497 lapangan olahraga, rumah matematika, dan Co-Working Space. Semua fasilitas itu dibuat sengaja untuk memberi wadah untuk anak-anak mengembangkan intelektual dengan maksimal.

Penilaian

Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya menerima kunjungan tim juri lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2019. (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Salah satu tim juri dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) Ahyar mengatakan, juri memberikan penilaian berdasarkan tiga kategori juara, yaitu kategori best perfomance, best achievement,  dan best attitude. Kualifikasi penilaian dari tiga katergori tersebut diambil dari semua aspek.

"Kita ambil dari semua aspek. Mulai dari ruang kelas, ruang UKS, toilet kamar mandi, ruang guru, perpustakaan, dan tempat cuci tangan," kata Ahyar seusai bertemu Wali Kota Risma.

Ia juga menjelaskan, tahun ini kompetisi ini diikuti oleh sebanyak  94 sekolah yang berasal dari 25 provinsi. Adapun 94 sekolah itu terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK) 21 sekolah,  SD 24 sekolah, SMP 25 Sekolah, dan SMA 24 sekolah.

Sedangkan yang berasal dari Kota Surabaya adalah SMPN 26 Surabaya. Karenanya, setelah bertemu Wali Kota Risma, tim juri ini akan langsung meninjau sekolah SMPN 26 Surabaya untuk melakukan penilaian. "Ini tahap awal, penilaian tanggal 15-19 Juli. Kemudian, tahap berikutnya tanggal  5-9 Agustus," pungkasnya. 

Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya menerima kunjungan tim juri lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2019. Tim juri dari empat kementerian tiba di kediaman Wali Kota Surabaya, Jalan Sedap Malam, Surabaya, sekitar pukul 08.00 WIB.

Empat kementerian yang menjadi penyelenggara itu adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendagri, Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan. Kedatangan rombongan ini disambut langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenguk Jefri Nichol, Keluarga Bawakan Makanan Favorit

Posted: 23 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jefri Nichol masih harus berurusan dengan polisi. Ia ditangkap polisi karena kasus narkoba yang menjeratnya.

Dari keterangan pihak kepolisian, Jefri Nichol ditangkap sejak Senin (22/7/2019) malam. Sejak Senin, satu persatu anggota keluarganya mendatangi Polres Jakarta Selatan untuk membesuk Jefri Nichol.

Terbaru, pada Rabu (24/7/2019) pagi, bibi dari Jefri Nichol yang enggan menyebutkan namanya, mendatangi Polres Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu tante Jefri Nichol membawakan makanan favorit Jefri Nichol.

"Bawa makan saja. Bawa salad buah dan susu beruang," katanya sebelum masuk ruang Polres Jakarta Selatan.

Keluarga Syok

Jefri Nichol  (Adrian Putra/Fimela.com)

Dari penuturannya, ini adalah kali pertama ia menjenguk keponakannya itu sejak Jefri Nichol ditangkap. Baginya, tertangkapnya Jefri Nichol itu sangat membuat keluarga syok.

"Hanya mau ketemu, saya belum ketemu sejak di proses di sini. Syok ya pasti, itu saja," katanya lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korea Selatan Boikot Tur Liburan ke Jepang

Posted: 23 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Korea Selatan melakukan aksi balasan terhadap Jepang dengan memboikkot tur liburan ke wilayah Jepang. Aksi ini dilakukan seiring dengan pembatasan ekspor oleh Jepang,

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Kebersamaan Manis Jefri Nichol dan Ibunda

Posted: 23 Jul 2019 10:29 PM PDT

Sosok ibunda Jefri Nichol ini jarang diketahui publik secara jelas. Ibu dari aktor berusia 20 tahun tersebut parasnya masih terlihat cantik dan awet muda.(Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Sosok ibunda Jefri Nichol ini jarang diketahui publik secara jelas. Ibu dari aktor berusia 20 tahun tersebut parasnya masih terlihat cantik dan awet muda.(Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Jefri Nichol memang tak pernah mengumbar soal pribadinya termasuk keluarga kepada publik. (Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Jefri Nichol memang tak pernah mengumbar soal pribadinya termasuk keluarga kepada publik. (Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Jefri Nichol dan ibundanya terlihat akrab dan dekat. Sebagai anak sulung, Jefri terbilang lengket dengan sang ibu. (Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Jefri Nichol dan ibundanya terlihat akrab dan dekat. Sebagai anak sulung, Jefri terbilang lengket dengan sang ibu. (Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Jenita sendiri sering mendampingi Jefri Nicholdi berbagai kesempatan, ini salah satunya saat berada di lokasi syuting. (Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Jenita sendiri sering mendampingi Jefri Nicholdi berbagai kesempatan, ini salah satunya saat berada di lokasi syuting. (Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Saat ini Jefri Nichol terjerat kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Sebagai ibu, dirinya tetap memberikan dukungan sejak ditangkapnya sang anak sulung. (Liputan6.com/IG/junitalandrat)

Saat ini Jefri Nichol terjerat kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Sebagai ibu, dirinya tetap memberikan dukungan sejak ditangkapnya sang anak sulung. (Liputan6.com/IG/junitalandrat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahmad Basarah, Calon Pimpinan MPR dari PDIP

Posted: 23 Jul 2019 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkap nama calon pimpinan MPR yang bakal diusung. Yakni Wakil Sekretaris Jenderal PDIP sekaligus Wakil Ketua MPR periode saat ini, Ahmad Basarah.

"Salah satunya pak Ahmad Basarah," ujar Hasto di depan kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7).

Namun, nama tersebut belum diputuskan secara resmi. Megawati yang akan menunjuk langsung nama calon pimpinan MPR.

"Tapi demokrasi kami nanti ketua umum mengambil keputusan dalam hal tersebut karena beliau melakukan pencermatan," ujar Hasto.

Menurut Hasto, calon ketua MPR harus dimusyawarahkan bersama partai koalisi. Sebab, lima partai pendukung Presiden Joko Widodo saling mengincar posisi tersebut. Namun, dia meyakini paket MPR untuk koalisi karena memiliki modal 60 persen di parlemen.

"Nanti akan musyawarah saja kan semua partai menyiapkan nanti kita cari. Kalau semua partai menyiapkan kami cari yang terbaik," kata Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayern vs Milan: Kalah, Marco Giampaolo Lihat Banyak Hal Positif

Posted: 23 Jul 2019 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Kansas City - Marco Giampaolo gagal mendapatkan debut manis sebagai pelatih AC Milan. Di laga pertamanya bersama I Rossoneri, dia justru harus merasakan kekalahan saat dikalahkan Bayern Muncehn 0-1 di ajang International Champions Cup 2019, di Stadion Children's Mercy Park, Kansas City, Amerika Serikat, Rabu (24/7) WIB pagi.

Satu-satunya gol FC Hollywood di laga ini dicetak gelandang Leon Goretzka pada akhir babak pertama. Goretzka dengan dingin menyelesaikan umpan dari Joshua Kimmich saat injury time babak pertama.

Namun begitu, Giampaolo tampak tak terlalu kecewa. Dia malah terlihat menikmati betul debutnya bersama AC Milan.

"Saya banyak melihat hal positif dari pertandingan ini. Bayern jelas di atas kami, mereka sudah memainkan beberapa pertandingan," ujar Giampaolo, seperti dikutip Sempremilan. "Beberapa pemain inti kami juga tidak tampil. Tapi, kami bisa bisa bermain bagus."

Menariknya, di laga ini, Giampaolo langsung melakukan sejumlah eksperimen untuk AC Milan. Dia memainkan pemain baru Theo Hernandez. Putra Paolo Maldini, Daniel juga menjadi starter.

"Saya sangat menyukai Theo Hernandez. Dia memperlihatkan kualitas yang luar biasa," ujar Giampaolo. "Sayang, dia harus cedera. Tapi, saya sangat menyukai saat dia bermain."

Di laga ini, Hernandez memang cedera dan harus digantikan Andrea Conti di menit ke-45.

 

Coba Skema Baru

Gelandang Bayern Munchen, Renato Sanches berebut bola udara dengan gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu selama pertandingan International Champions Cup 2019 di Kansas City, Amerika Serikat (24/7/2019). AC Milan kalah tipis 1-0 atas Munchen berkat gol Leon Goretzka. (AP Photo/Orlin Wagner)

Lebih lanjut, Giampaolo menyebut, lawan Bayern, dia memang mencoba beberapa skema yang sempat mereka latih sebelum tampil di pramusim. Dan, beberapa di antaranya berjalan dengan baik.

"Ya, kami mencoba memainkan beberapa ide yang kerap kami latih selama 10 hari terakhir di Milanello (markas latihan AC Milan)" ujar mantan pelatih Cagliari ini.

Gol Dianulir

Di laga ini, AC Milan seharusnya bisa menyamakan skor ketika laga tersisa 26 menit lagi. Akan tetapi pemain pengganti Patrick Cutrone gagal menyelesaikan peluang emasnya.

Tinggal berhadapan dengan kiper, sepakan Cutrone digagalkan Sven Ulreich.Bayern sempat menjaringkan dua gol lagi melalui dan David Alaba. Namun kedua gol tersebut dianulir wasit karena handball dan offside.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditandai dengan Bau Mulut, Ini 5 Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Posted: 23 Jul 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut merupakan salah satu gangguan pada mulut yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan saat bangun tidur di pagi hari pun bau mulut pasti menyertai.

Banyak faktor yang menyebabkan mulut bisa menjadi bau, misalnya saja karena membersihkan mulut yang tidak maksimal sehingga membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak.

Beberapa orang memang kesulitan untuk menilai bau napasnya sedniri. Nah, kalau kamu memiliki bau mulut yang tidak sedap, mulailah untuk meninjau kebiasaan membersihkan mulut dengan baik.

Apabila bau mulut tak kunjung hilang setelah melakukan perawatan, maka kamu perlu memeriksakannya ke dokter. Pasalnya bau mulut merupakan salah satu gejala dari adanya penyakit serius.

Berikut ini ada beberapa penyakit serius yang ditandai dengan bau mulut. Telah Liputan6.com, Rabu (24/7/2019) rangkum dari berbagai sumber, ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai dari munculnya bau mulut.

Kanker Mulut

Kanker mulut

Penyakit yang perlu diwaspadai karena bau mulut adalah kanker mulut. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa bau mulut. Salah satu penyebab bau mulut karena kebiasaan merokok. Tembakau yang masuk ke dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan.

Nah, kalau ini sudah sampai tahapan bau mulut dan kamu tidak jera dengan kebiasaan buruk ini, maka bau mulut bisa menjadi tanda awal kamu mengalami penyakit kanker mulut.

Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal / Sumber: iStockphoto

Apabila napas kamu memiliki aroma amis, perlu diwaspadai karena ini merupakan tanda dari adanya penyakit. Bau amis pada mulut ini diakibatkan oleh nitrogen dan sulfur yang berada di dalam tubuh. Kalau kamu mengalami bau amis pada mulut, perlu diwaspadai karena ada masalah kesehatan yang berkaitan dengan ginjal kamu. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan ginjal.

Penyumbatan pada Usus

Penyumbatan Usus (Syida Productions/shutterstock)

Apabila kamu merasakan napas kamu beraroma seperti kotoran, maka perlu diwaspadai karena ini menandakan ada gangguan kesehatan pada tubuh kamu. Bau mulut seperti kotoran ini menandakan bahwa ada masalah pada bagian ususmu.

Ya, penyebab bau mulut seperti kotoran ini karena obstruksi atau penyumbatan usus. Ketika usus tersumbat, maka kotoran akan kembali ke titik tertentu.

Infeksi dan Peradangan Kronis

Infeksi dan Peradangan Kronis

Penyebab bau mulut lainnya juga bisa berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk di amandel menyebabkan area tersebut tertutup bakteri sehingga menghasilkan aroma yang tidak sedap. Kasus ini menandakan adanya infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus, atau tenggorokan yang dapat menyebabkan tetesan postnasal. Bagi penderita ini biasanya mulut beraroma seperti kamper.

Asam Lambung Kronis

Asam Lambung Kronis (Sasha2109/Shutterstock)

Penyakit ini sering dikaitkan dengan adanya bau mulut. Hal ini dikarenakan adanya kelainan metabolisme yang terjadi pada tubuh, sehingga membuat pasien terjangkit asam lambung yang ditandai dengan munculnya bau mulut. Aroma mulut penderita asam lambung ini biasanya berbau seperti muntahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korupsi Gedung IPDN Sulsel, KPK Periksa Dirut PT Beton Perkasa

Posted: 23 Jul 2019 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Direktur Utama PT Beton Perkasa, Halim Sentosa dan Direktur PT Mayang Sakti, Zaliansyah Fitriadi. Keduanya akan diperiksa dalam kasus korupsi proyek pembangunan Gedung IPDN di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DJ (Dudy Jocom-mantan Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Setjen Kemendagri)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (24/7/2019).

KPK saat ini tengah fokus mendalami peran dua korporasi, yakni PT Adhi Karya dan PT Waskita Karya selaku penggarap proyek pembangunan Gedung IPDN. Kuat dugaan kedua korporasi ini ikut terlibat dalam skandal tersebut.

Tim penyidik juga pernah menggeledah kantor PT Adhi Karya dan PT Waskita Karya di Jakarta. Dari penggeledahan, penyidik menyita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik.

Belakangan, penyidik KPK menyita sejumlah dokumen dari staf Keuangan dan Sumber Daya Manusia PT Waskita Karya, Setiadi Pratama dan staf PT Kakanta, Andi Sastrawan yang menjadi pelaksana lapangan proyek IPDN Gowa, Sulawesi Selatan. Dokumen itu diduga berkaitan dengan kasus tersebut.

 

Negara Rugi Rp 21 Miliar

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemerintahan Provinsi Papua mendapat skor terendah yaitu 52,91. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Dudy Jocom sebagai tersangka korupsi pembangunan empat kampus IPDN di Sulawesi Selatan dan kampus IPDN di Sulawesi Utara.

Selain Dudy, KPK juga menetapkan dua tersangka lain yakni Kepala Divisi Gedung atau Kepala Divisi I PT Waskita Karya Adi Wibowo dan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya Dono Purwoko.

KPK menduga Dudy Jocom melalui kenalannya menghubungi beberapa kontraktor untuk menginformasikan adanya proyek IPDN. Selanjutnya, para pihak itu menggelar pertemuan di sebuah kafe di Jakarta.

Dari pertemuan itu, disepakati adanya pembagian proyek. Proyek IPDN di Sulawesi Selatan digarap Waskita Karya sementara PT Adhi Karya menggarap proyek IPDN di Sulawesi Utara. Dudy Jocom Cs diduga meminta fee 7% dari setiap proyek itu. Negara diduga mengalami kerugian sekitar Rp 21 miliar akibat kasus ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Hampir Dapat Nilai Sempurna di D'Star Indosiar

Posted: 23 Jul 2019 10:20 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Sudah 1,5 bulan ajang kompetisi D'Star Indosiar digelar. Setiap Senin-Jumat malam selalu ada keseruan tersaji live. Konser ini juga semakin seru karena penonton disuguhkan sajian bertambahnya kualitas vokal para bintang.

Seperti episode D'Star Indosiar Top 15 Round 2 Group 3 yang tayang, Senin (22/7/2019) malam. Panggung musik yang digelar di Studio Emtek City, Jakarta Barat, memanggungkan tiga bintang yakni Irwan, Reza dan Putri. Konser dibuka dengan meriah oleh Raja Dangdut  Rhoma Irama & Soneta Group.  Membawakan lagu "Gulali dan Derita Di Balik Tawa" sukses membuat penonton di Studio ikut berdendang bersama.

Reza menjadi pertama yang tampil di konser Senin malam. Jebolan Dangdut Academy ini menjadi salah satu bintang yang mempunyai reputasi selalu bisa mengusai panggung. Kali ini Reza membuktikannya lagi dengan membawakan lagu "Makan Darah" dan mendapatkan Standing Ovation dari lima Dewan Juri serta berhasil mengumpulkan nilai 36.87.

"Suara kamu sangat berkarakter, Semua genre dan improvisasi kamu kuasai, Bravo Reza" tutur Nassar. Tak hanya itu, konser D'Star Indosiar semakin meriah saat Reza berkolaborasi dengan Bunda Rita Sugiarto membawakan lagu "Kerinduan" bak sepasang kekasih yang sedang dilanda asmara sukses membuat riuh penonton di Studio 5.

 

 

 

 

J

D'Star tayangan kompetisi terbaru di Indosiar

Debu-Debu Jalanan Irwan

D'Star tayangan kompetisi terbaru di Indosiar

Tak berapa lama suasana di panggung D'Star pun berubah menjadi haru ketika Irwan tampil membawakan lagu "Debu – Debu Jalanan". Sayangnya meskipun Irwan sudah berusaha menampilkan seluruh kemampuannya, Irwan mendapatkan respon kurang positif. Kritik membangun pun datang dari Soimah untuk Irwan " Ada beberapa not yang flat dan tidak sesuai sehingga terdengarnya mengambang, kamu pasti bisa lebih dari ini" ujar Soimah.

Laksmana Raja di Laut Putri

D'Star tayangan kompetisi terbaru di Indosiar

Jelang akhir konser, bintang wanita satu – satunya Putri sukses mencuri perhatian penonton dan Dewan Juri dengan cengkok melayu membawakan lagu "Laksmana Raja Di Laut" yang membuahkan nilai sebesar 34.61 dan Standing Ovation dari Nassar. Berbagai pujian didapat Puteri salah satunya yakni dari Dewan Juri non Dangdut Giring, Menurut Giring Cengkok yang di mainkan Puteri sangat luar biasa di umur seusianya, penampilannya keren sekali.

Konser  D'Star Top 15 Group 3 Show masih terus berlanjut. Selasa malam nanti menjadi babak penentu siapa yang akan terdegradasi dari Grup 3 dan siapakah yang akan bertahan untuk terus di promosikan ke babak selanjutnya?

Total perolehan sementara Reza berada diposisi teratas dengan nilai 36.87 disusul dengan Putri 34.61 dan Irwan diposisi terendah 28.71. Saksikan terus D'Star LIVE dari Studio 5 Indosiar pada pukul 19.30 WIB.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Fintech Bakal Kumpul di Summit & Expo 2019, Catat Waktunya

Posted: 23 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi FinTech Indonesia (Aftech) menggelar Indonesia FinTech Summit & Expo 2019 di JCC pada 23 dan 24 September mendatang. Acara ini diharapkan bisa menjadi convention bagi seluruh stakeholder di sektor fintech.

Director Marcomm & Community Development Aftech, Tasa Nugraza Barley, berkata bahwa acara ini sekaligus melanjutkan Bali Fintech Agenda dan Fintech Fair tahun lalu. Aftech juga telah mendapat dukungan resmi Bank Indonesia dan OJK.

"Acara kami juga memang sudah mendapat official endorsement dari Bank Indonesia dan OJK. Jadi ini menjadi acara bersama antara para industry players, dan melalui Aftech, dan juga regulator dan stakeholder lainnya," ujar Barley kepada Liputan6.com, Selasa (23/7/2019) di KLY Head Office, Jakarta.

Indonesia FinTech Summit & Expo 2019 juga mendapat dukungan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Anggota Aftech juga dipastikan bukan fintech ilegal. Barley menyebut 100 persen fintech yang terdaftar di OJK merupakan anggota Aftech dan lebih dari 60 persen yang terdaftar serta berizin di BI adalah juga anggota mereka.

Anggota Aftech terdiri atas beberapa vertikal, beberapa di antaranya adalah pembayaran digital, peminjaman online, pengelolaan kekayaan, layanan agregator, dan fasilitas kredit seperti Vospay.

"Kita melihat pertumbuhan fintech di Indonesia sangat besar. Ketika Aftech baru berdiri 2016 awal, member kita baru sekitar 6 atau 7 yang beroperasi di indonesia, sekarang ada sekitar 250 di seluruh indonesia," ujar Barley.

Aftech memiliki fokus pada masalah kebijakan dan regulasi. Asosiasi ini juga yang pertama mendorong adanya kerangka regulasi yang berkelanjutan di industri fintech Indonesia.

Insentif Fiskal Bakal Dorong Inovasi di Industri Fintech

Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com

Pelaku usaha di industri financial technology (fintech) mendukung upaya pemerintah dalam memajukan sektor industri ini. Salah satunya dengan memberikan insentif fiskal bagi pengembangan industri fintech di dalam negeri.

Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Ekuiti Bersama Indonesia (AFPEBI), Muhammad Ridwan Nasir mengatakan, adanya insentif fiskal dan jaminan kemudahan menjalankan usaha dari pemerintah akan memudahkan menjalankan usaha dalam mendorong inovasi. Hal ini termasuk bagi sektor keuangan berbasis digital, sebagaimana mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tentunya pemerintah selaku regulator menyetujuinya," ujar dia di Jakarta, Kamis, 18 Juli 2019.

CEO Modalsaham.co.id, Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan, inovasi sektor keuangan digital berbasis ekuitas dapat menjawab permasalahan dunia usaha terkait dengan permodalan khususnya untuk skala kecil dan menengah. 

"Dengan terbukanya arus investasi dari sektor retail untuk dunia usaha kecil dan menengah, maka secara langsung akan berimplikasi terhadap terbukanya lapangan kerja. Hal ini sejalan dengan visi Indonesia yang disampaikan Presiden Jokowi baru-baru ini di Sentul Bogor," jelas Reza.

Dalam rangka meningkatkan inovasi di industri fintech, Reza menyatakan pihaknya telah bekerja sama dengan CSA Research melalui penandatanganan Letter Of Intent (LOI) kerja sama pendampingan analisis investasi.

Menurut Reza, dengan kerja sama tersebut akan mampu menjadi alternatif solusi pendanaan berbasis ekuitas pada dunia bisnis. Selain itu juga dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan peningkatan literasi keuangan.

"Ini sejalan dengan visi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas sektor keuangan untuk mewujudkan industri jasa keuangan yang terpercaya, melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat," jelas dia.

Sementara itu, Direktur Utama CSA Research, Haryajid Ramelan berharap kerja sama kedua belah pihak akan mampu mengkualitaskan literasi keuangan pada masyarakat Indonesia.

"Semoga kerja sama CSA Research dan Modalsaham.co.id dapat semakin meningkatkan literasi masyarakat terhadap pasar modal dan membuka arus investasi ke dunia usaha," pungkas Haryajid.

Penyaluran Pinjaman Fintech Naik 700 Persen di 2018

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) gelar Seminar Nasional bertajuk Fintech Goes To Campus: Kolaborasi Milenial dan Fintech Menyongsong Revolusi Industri 4.0  (Foto: Liputan6.com/Athika R)

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi mengungkapkan, potensi pertumbuhan perusahaan teknologi finansial (fintech) di dalam negeri sangatlah besar.

Pada tahun 2017 misalnya, dana yang tersalurkan dari industri fintech mencapai Rp 2,56 triliun. Dalam kurun waktu setahun saja, total dana tersalurkan fintech naik sampai 700 persen di tahun 2018.

"2017 dana tersalurkan Rp 2,56 triliun. Tahun 2018 tota dana tersalurkan senilai Rp 22,67 triliun, yakni naik 700 persen. Dengan demikian fintech punya potensi besar dan berkontribusi meningkatkan inklusi keuangan," tuturnya di Gedung BEI, Selasa, 16 Juli 2019. 

Kendati begitu, Inarno menjelaskan, keberadaan perusahaan fintech ilegal memang masih meresahkan masyarakat. Sebab itu, masyarakat juga diimbau untuk meningkatkan kesadaran akan fintech mana yang secara resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Sayangnya banyak mereka yang tidak mempunyai izin (fintech). Jadi kesadaran konsumen perlu sehingga perlindungan konsumen bisa tetap terjaga," paparnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menuturkan, masyarakat dapat mengetahui finteh mana yang terdaftar dengan melihat situs resmi di OJK.

"Daftarnya sudah ada di website OJK, bisa dicek," terangnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wisata Alam Kota Malang, Ini 4 Spot Liburan yang Anti-Mainstream

Posted: 23 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Malang menjadi kota kedua terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya, dan memiliki atmosfer sejuk khas dataran tinggi. Hal ini menjadikan Malang sukses menarik perhatian para pecinta wisata di Indonesia. 

Malang raya adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Wisata Malang sendiri tak akan habis jika kamu eksplorasi satu persatu.

Malang kini menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia yang menawarkan gaya hidup urban modern dengan berpusat pada pertanian dan keindahan alam. Jadi siapa pun penikmat wisata akan bisa mendapatkan hiburan yang menguntungkan semua anggota keluarga.

Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Malang, tak perlu khawatir karena Malang menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk kamu kunjungi.

Malang juga memiliki banyak tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan kota besar lainnya. Malang juga punya banyak spot objek wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, sampai wisata alam yang sangat memanjakan mata.

Berikut wisata kota Malang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2019).

1. Pulau Sempu

(Sumber: iStockphoto)

Pulau Sempu disebut sebagai salah satu surga dunia. Pulau yang terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Wisata kota Malang ini merupakan kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah kota.

Yang paling menarik di sini adalah Segara Anakan yang merupakan sebuah danau di tengah pulau dengan luas 4 hektar.

Segara Anakan menjadi daya tarik utama tempat wisata di Malang ini. Air dari telaga berasal dari ombak laut selatan yang masuk melalui lubang tebing di sisi danau ini. Air di danau dingin dan sangat jernih sampai kamu bisa melihat dasar danau dengan mudah. Di sini, kamu bebas berenang, bahakan memancing.

2. Omah Kayu Paralayang, Batu

(Sumber: iStockphoto)

Wisata alam kota Malang ini menyediakan 6 buah rumah pohon yang masing-masing dapat menampung 3 orang. Pemandangan dari atas rumah pohon ini pastinya sangat luar biasa. Kamu bisa menikmati hijaunya pepohonan gunung di siang hari dan indahnya lampu kota di malam hari.

Konon, pemandangan paling indah di wisata alam kota Malang ini adalah pada saat matahari terbit. Di dalam rumah pohon ini juga tersedia ranjang dan peralatan makan. Kamar mandi dengan fasilitas air panas juga tersedia di bagian luar.

3. Pantai Balekambang

(Sumber: iStockphoto)

Malang nyatanya tak hanya menyajikan panorama keindahan gunung maupun dataran tinggi. Di Malang kamu juga dapat menikmati keindahan daerah pesisir bagian selatan yang tentunya indah dan tak kalah cantik dibandingkan Bali. Salah satu destinasi pantai di Malang yang wajib dikunjungi adalah pantai Balekambang.

Pantai ini sepintas mirip dengan pantai di Bali. Wisata alam kota Malang ini mirip dengan Tanah Lot dimana di pantai tersebut terdapat Pura di pulau kecil yang berdekatan dengan pesisir. Pura tersebut bernama Pura Amerta Jati dan berdiri di atas pulau bernama Pulau Ismoyo.

Di pantai tersebut kamu dapat menikmati keindahan sunset dengan siluet dari Pura dengan bangunan yang khas. Saat air di pantai tersebut surut akan terlihat batu karang yang cukup eksotis di bibir pantai. Di sepanjang pantai dengan panjang mencapai 2 kilometer ini terdapat tiga buah pantai kecil dengan nama-nama tokoh pewayangan, yakni Pantai Anoman, Pantai Wisanggeni dan Pantai Ismoyo.

4. Coban Pelangi

(Sumber: iStockphoto)

Wisata kota Malang, Coban Pelangi terletak di Kecamatan Tumpang atau sekitar 132 km dari pusat kota Malang. Tempat wisata kota malang ini berada di ketinggian 1.299 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Jika beruntung, kamu bisa melihat pelangi di antara aliran air terjun setinggi 30 meter ini. Selagi menunggu munculnya pelangi, kamu bisa bermain air di tepi air terjun, menikmati kuliner di warung atau duduk di pendopo yang ada. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Pesta Lajang Calon Suami Siti Badriah, Ada Momen Unik

Posted: 23 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perasaan bahagia sekaligus deg-degan kini tengah menyelimuti pedangdut Siti Badriah. Tinggal menghitung hari, pelantun lagu Lagi Syantik tersebut akan melepas masa lajangnya bersama Krisjiana Baharudin. Keduanya akan menikah pada 27 Juli 2019 mendatang.

Siti Badriah dan Krisjiana Baharudin sudah menjalin hubungan asmara dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Keduanya juga sudah melangsungkan lamaran pada bulan Maret lalu. Kini keduanya tengah disibukkan dengan persiapan jelang pernikahan mereka.

Segala persiapan pun sudah dilakukan pasangan pedangdut dan aktor ini. Salah satu persiapan yang sudah dilakukan Siti Badriah dan Krisjiana adalah foto prewedding. Selain prewedding, Siti Badriah telah menggelar Bridal Shower bersama rekan, sahabatnya.

Nah, baru-baru ini giliran calon suaminya, Krisjiana Baharudin. Bersama sejumlah temannya, Kris menggelar pesta bujang dan berlangsung meriah. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber potret pesta lajang suami Siti Badriah dan ada momen unik, Rabu (24/7/2019).

1. Krisjiana Baharudin kekasih Siti Badriah dapat kejutan dari teman dekatnya sebelum hari pernikahan.

Potret Pesta Lajang Calon Suami Siti Badriah, Ada Momen Unik (sumber:Instagram/@panjikomara)

2. Calon suami Siti Badriah menggelar ajang pesta lajang di sebuah tempat karaoke.

Potret Pesta Lajang Calon Suami Siti Badriah, Ada Momen Unik (sumber:Instagram/@panjikomara)

3. Krisjiana Baharudin diberi beberapa tantangan oleh teman-temannya.

Potret Pesta Lajang Calon Suami Siti Badriah, Ada Momen Unik (sumber:Instagram/@panjikomara)

4. Sosok ganteng tersebut disuruh menghirup sepatu sahabatnya.

Potret Pesta Lajang Calon Suami Siti Badriah, Ada Momen Unik (sumber:Instagram/@panjikomara)

5. Wajahnya juga dicorat-coret layaknya orang yang sedang berulang tahun.

Potret Pesta Lajang Calon Suami Siti Badriah, Ada Momen Unik (sumber:Instagram/@panjikomara)

6. Momen paling unik dan nyeleneh adalah ia disuruh mencium ketiak teman dekatnya.

Potret Pesta Lajang Calon Suami Siti Badriah, Ada Momen Unik (sumber:Instagram/@panjikomara)

7. Terakhir ia diminta mengucapkan ijab kabul dengan Siti Badriah melalui video call.

Potret Pesta Lajang Calon Suami Siti Badriah, Ada Momen Unik (sumber:Instagram/@panjikomara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reuni Megawati Prabowo Tanpa Diplomasi Nasi Goreng?

Posted: 23 Jul 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Megawati Soekarnoputri dijadwalkan bertemu dengan Prabowo Subianto siang nanti, Rabu 24 Juli 2019, pukul 12.00 wib

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pertemuan ini adalah diplomasi makan siang.

"Dengan diplomasi makan siang itu kan segala sesuatu menjadi lebih ringan untuk kita membahas tentang bangsa dan negara," ujar Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Hasto juga mengatakan pertemuan Megawati dengan Prabowo sudah sejak lama diwacanakan. Khususnya, sejak Megawati bertemu Prabowo di Asean Games 2018 lalu.

Dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun, Megawati dan Prabowo tercatat bertemu dua kali. Pertama, Megawati dan Prabowo berjumpa di pertandingan final cabang olahraga Pencak Silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat TMII. Saat itu, Jokowi, Megawati dan Prabowo bertemu.

Megawati dan Prabowo juga berjumpa saat masa kampanye Pilpres 2019. Dua tokoh yang bersebrangan itu bertemu dalam debat pertama Pilpres. Tertangkap dalam swafoto yang diunggah Puan. Megawati, Prabowo, Puan, Sandiaga Uno dalam satu layar.

Nasi Goreng Kesukaan Prabowo

Megawati dan Prabowo menyaksikan final Asian Games

Pada pertemuan yang dilaksanakan pada pukul 12 hari Rabu 7 Juli 2019, Hasto mengatakan Prabowo sudah rindu dengan masakan Megawati. Pertemuan hari ini pun, Prabowo bakal dijamu makan siang.

"Kalau kita lihat selama masa kampanye kalau kita pada saat Asian Games, Ibu Mega ketemu Prabowo dan kemudian bergabung bapak Jokowi sejak saat itu sebenarnya Pak Prabowo sudah kangen dengan masakan dari Bu Mega," ujar Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Namun, kali ini, Megawati tampaknya tak menyiapkan nasi goreng, kegemaran Prabowo.

"Masakannya nanti kami informasikan. Tapi dari bawangnya tadi, bawang putihnya memilih secara khusus," jelas Hasto.

Seperti yang dikatakan Hasto, pada Januari lalu, Megawati juga sempat dihampiri utusan dari Prabowo. Dia menyampaikan pesan bahwa mantan Danjen Kopassus itu rindu dengan nasi goreng buatan Megawati.

"Lalu ada salah satu orang yang dekat dengan Pak Prabowo bilang ke saya, Pak Prabowo suka tanyakan loh Bu, kapan mau bikin nasi goreng? Karena nasgor saya top loh," ujar Megawati. (7/1/2019).

Selain itu, Megawati juga sempat mengatakan bahwa dirinya sangat menyayangkan maraknya hoaks dan ujaran kebencian jelang Pemilu 2019. Megawati pun mengungkapkan kedekatannya dengan Prabowo.

Dia pun heran kenapa pihaknya selalu menjadi sasaran hoaks dan ujaran kebencian. Megawati mengaku berteman baik dengan Prabowo, tapi kenapa anak buahnya selalu menyudutkan pihaknya.

Romo Benny Susetyo, anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), mengatakan  demokrasi peradaban akan terjadi bila elite politik menjadi negarawan dan bisa meninggalkan kepentingan pribadinya. 

"Pertemuan akan menjadi momentum ke depan lebih kondusif," kata Romo Benny.

Diharapkan pertemuan siang nanti menjadi momentum merajut kebersamaan dengan semangat  untuk membangun bangsa.

"Dengan pertemuan ini maka ideologi Pancasila akan kembali berakar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tegasnya.

 

(Liputan6.com/Nabila Bilqis)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangi Surya Paloh, Anies Baswedan: Ngobrolin Jakarta Saja

Posted: 23 Jul 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan menghadiri undangan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh siang hari ini.

Anies menyebut undangan itu hanya untuk makan siang biasa. "Enggak dalam rangka apa-apa biasa saja kan makan siang. Beliau baru ulangtahun, kemarin beliau kontak," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Kehadirannya di DPP Nasdem hari ini, menurut Anies demi menghormati undangan politikus senior itu.

"Beliau senior tokoh nasional jadi saya menghormati undangannya karena itu saya datang. Enggak ada agenda khusus, makan siang aja ngobrol," katanya.

Mantan Mendikbud itu menyatakan hanya akan membicarakan persoalan Jakarta saja, tidak membicarakan masalah politik.

"Saya pasti akan ngomongin Jakarta. Soal Jakarta saja," ucap Anies Baswedan.

"Enggak-enggak (bahas politik), saya rasa gak kesitu ini silahturahmi saja," tandas Anies.

Datang dengan Menggunakan Seragam

 

Pantauan di lokasi, Anies masih mengenakan seragam dinas Gubernur DKI Jakarta. Dia tiba menumpangi Innova berkelir hitam sekitar pukul 11.45 WIB.

Sedangkan, Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G Plate mengatakan pertemuan itu momen baik karena Anies yang merupakan deklarator Partai Nasdem sudah lama tak berjumpa.

"Setelah lama tidak bertemu, kali ini momen yang baik pak Anies sebagai unsur deklarator Ormas Nasdem bertemu dengan Ketum partai Nasdem," ujar Johnny di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Johnny mengungkit perolehan suara Nasdem bertambah menjadi tujuh pada periode berikutnya, dari 5 kursi bertambah menjadi 7 di 2019. Selain itu, dia juga mengatakan perlu ada komunikasi baik dengan pemerintah DKI Jakarta sebagai Ibu Kota.

"DKI sebagai ibu kota negara menjadi etalase terdepan Bangsa Indonesia karenanya komunikasi dengan pemerintah DKI harus terbangun dan terjaga dengan baik," kata Johnny.

Sementara, Ketua DPP Nasdem Willy Aditya tidak menampik jika ada urusan politik yang dibahas. Misalnya, kemungkinan Nasdem mengusung Anies di 2024.

"Kita enggak tahu lah ya politik kan dinamis, Anies kan kader Nasional Demokrat itu sekarang berprestasi sebagai Gubernur kita nggak tahu ke depan seperti apa. Yang penting dia punya hubungan emosional yang cukup bagus dengan Pak Surya Paloh, dalam keluarga Nasional Demokrat beliau bukan orang asing, ini satu hal yang kemudian harus dijaga, bahasanya komunikasi silaturahmi nggak boleh putus," jelasnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid vs Arsenal: Zidane Ungkap Alasan Mainkan Gareth Bale

Posted: 23 Jul 2019 10:07 PM PDT

Landover - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane secara mengejutkan memainkan Gareth Bale saat laga melawan Arsenal. Zidane mengungkapkan kalau Bale meminta bermain pada laga International Champions Cup di FedEx Field, Landover, Rabu (24/7/2019) pagi WIB, tersebut

Zidane mendapat kritikan tajam ketika tidak memainkan Bale saat Real Madrid menghadapi Bayern Munchen. Ketika itu, Zidane mengatakan kalau Bale menolak untuk dimainkan.

Namun, Zidane mengubah pendiriannya dan memainkan Bale saat melawan Arsenal. Hasilnya, Bale tampil impresif dan membantu Real Madrid bangkit setelah tertinggal dua gol.

Setelah pertandingan, Zidane mengisyaratkan kalau Bale masih memiliki peluang untuk bertahan.

"Gareth Bale bermain bagus pada laga melawan Arsenal. Saya senang dengan performanya," ujar Zidane.

"Ia masih berstatus sebagai pemain Real Madrid. Ia bermain karena ia meminta untuk dimainkan."

"Ia mmeiliki komitmen untuk membela Real Madrid. Performanya bagus dan saya telah membuat keputusan yang tepat dengan memainkannya."

"Kita lihat bersama apa yang akan terjadi pada masa mendatang. Saya harus melihat situasi yang dihadapi Real Madrid pada saat ini," ungkap Zidane.

Pernyataan tersebut sangat berbeda 180 derajat dari pernyataan Zidane sebelumnya. Zidane sempat mengatakan kalau ia menanti ada klub yang ingin memboyong Bale dari Real Madrid.

Marco Asensio Cedera

Marco Asensio. (AP Photo/Nick Wass)

Berubahnya pendirian Zidane, bisa disebabkan karena cedera yang menimpa Marco Asensio. Winger andalan Zidane itu mengalami cedera lutut dan terlihat cukup parah.

Kondisi itu membuat Zidane mempertimbangkan untuk mempertahankan Bale jika Asensio harus menepi untuk waktu yang lama.

"Saya khawatir dengan kondisi Marco ASensio. Ia akan langsung diperiksa di rumah sakit agar bisa mengetahui kondisinya."

"Sepertinya cedera itu parah. Hal itu akan sangat merugikan bagi Real Madrid," ungkap Zidane.

Sumber: Sky Sports

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Tepat Kembalikan Panas Tubuh Saat Hipotermia

Posted: 23 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hipotermia dapat terjadi pada para pendaki gunung yang mengalami kedinginan ekstrem dalam waktu yang lama. Ketika hipotermia terjadi, tubuh kehilangan kehangatan lebih cepat dari kemampuannya menghasilkan panas. 

Penyelamatan seseorang yang kena hipotermia harus dilakukan dengan segera. Jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat menyebabkan kematian. Dokter kegawatdaruratan Carol DerSarkissian menyampaikan langkah penanganan hipotermia.

"Jika perawatan medis tidak segera tersedia, maka lepaskan pakaian yang basah, topi, sarung tangan, sepatu, dan kaus kaki. Lindungi orang tersebut dari angin, angin kencang, dan kehilangan panas lebih lanjut dengan pakaian hangat dan kering," tulis Carol dalam WebMD, Rabu (24/7/2019).

Kemudian pindahkan orang yang terserang hipotermia tersebut perlahan-lahan ke tempat yang hangat dan kering sesegera mungkin. Hangatkan kembali orang yang didera hipotermia dengan pakaian ekstra. 

"Gunakan selimut hangat juga benda-benda bermanfaat lainnya untuk merangsang pemanasan tubuh. Misal, selimut, jaket tebal, dan bantal penghangat pada tubuh, ketiak, leher, dan selangkangan," tambah Carol.

Rasakan Denyut Nadi

Dalam penanganan orang yang hipotermia, perhatikan juga denyut nadi. Jika orang yang hipotermia tidak juga sadar atau tidak memiliki denyut nadi, bahkan tidak ada tanda-tanda bernapas, segera panggil bantuan darurat. 

CPR (resusitasi kardiopulmoner) harus segera diberikan jika denyut nadi tidak dapat dirasakan dan tidak bernapas. Rasakan denyut nadi hingga satu menit penuh sebelum memulai CPR. Ini karena denyut jantung mungkin sangat lambat dan Anda tidak boleh memulai CPR jika ada detak jantung.

Pada kasus hipotermia lanjut, perawatan di rumah sakit diperlukan untuk menghangatkan kembali suhu inti tubuh. 

"Perawatan hipotermia meliputi cairan infus yang dihangatkan, oksigen yang dipanaskan dan dilembabkan, dan lavage peritoneal ("pencucian" rongga perut bagian dalam)," Carol menambahkan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Rara Sekar, Kakak Isyana Sarasvati yang juga Seorang Musikus

Posted: 23 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga artis selalu ikut jadi sorotan publik. Seperti tentang saudara kandung selebritas Isyana Sarasvati. Tak banyak yang tahu, Isyana memiliki kakak yang juga seorang musikus bernama Rara Sekar. 

Rara Sekar merupakan musikus yang sudah mengeluarkan beberapa lagu. Lagu Rara Sekar dibawakan oleh band Banda Neira, band indie bergenre folk.

Lagu populer yang pernah dirilis Banda Neira ialah "Sampai Jadi Debu". Tentu karya-karya kakak Isyana Sarasvati ini begitu populer di kalangan penyuka musik indie. Indie merupakan jalur bermusik tanpa naungan perusahaan label musik. Meski memilih jalur indie, karya Banda Neira tetaplah enak untuk didengarkan.

Selain musikus, potret Rara Sekar pun tak kalah memesona dibanding Isyana. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @rarasekar tentang pesona Rara Sekar, Rabu (24/7/2019).

1. Memiliki nama lengkap Rara Sekar Larasati. Rara lahir 7 Juni 1990.

6 Pesona Rara Sekar, Kakak Isyana Sarasvati yang Juga Seorang Musisi (sumber: Instagram.com/rarasekar)

2. Rara merupakan kakak kandung Isyana. Mereka hanya selisih 3 tahun saja.

6 Pesona Rara Sekar, Kakak Isyana Sarasvati yang Juga Seorang Musisi (sumber: Instagram.com/rarasekar)

3. Selain sibuk berkarier musik bersama Banda Neira, Rara Sekar juga hobi berkebun.

6 Pesona Rara Sekar, Kakak Isyana Sarasvati yang Juga Seorang Musisi (sumber: Instagram.com/rarasekar)

4. Tak hanya berkebun, Rara juga seorang pencinta lingkungan.

6 Pesona Rara Sekar, Kakak Isyana Sarasvati yang Juga Seorang Musisi (sumber: Instagram.com/rarasekar)

5. Tak mau kalah dengan sang adik, Rara juga konsisten berkarya lewat musik. Bersama Banda Neira, ia telah mengeluarkan dua album dan dua album mini.

6 Pesona Rara Sekar, Kakak Isyana Sarasvati yang Juga Seorang Musisi (sumber: Instagram.com/rarasekar)

6. Bila diperhatikan, Rara dan Isyana miliki raut wajah yang mirip ya?

6 Pesona Rara Sekar, Kakak Isyana Sarasvati yang Juga Seorang Musisi (sumber: Instagram.com/rarasekar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspirasi Padu Padan Atasan Putih ala Jefri Nichol, Bikin Ganteng Maksimal

Posted: 23 Jul 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atasan putih, baik kaus maupun kemeja, seringkali jadi pilihan para kaum adam untuk beraktivitas di mana pun. Simpel dan nyaman mungkin menjadi alasannya. Begitu pula dengan aktor muda Jefri Nichol yang baru tertangkap karena kepemilikan ganja.

Dalam sejumlah unggahan di akun Instagramnya, lelaki kelahiran 15 Januari 1999 itu kerap kedapatan menggunakan atasan berwarna putih. Meski tak banyak permainan warna, penampilannya tetap enak dipandang.

Salah satunya saat Jefri Nicholmengenakan kemeja putih sebagai dalaman setelan jas dari koleksi Boss berwarna coklat muda. Kemeja putih yang dipilihnya tak polos, melainkan bermotif polkadot mungil yang membentuk siluet ramping.

Ia menambahkan ikat pinggang berwarna coklat melengkapi penampilan formalnya untuk tampil di sampul sebuah majalah. Gayanya lebih maksimal dengan poni rambut yang disisir ke samping. Agar lebih macho, Jefri sengaja membiarkan jenggotnya tak dicukur.

Penampilannya itu menuai banyak respons dari penggemar wanitanya. Kebanyakan bernada memuji.

 

 

 

 

 

 

 

 

Gaya Army

Jefri Nichol. (dok. Instagram @jefrinichol/https://www.instagram.com/p/BvydFSzgAKY/Dinny Mutiah)

Pada kesempatan lain, Jefri mengenakan kemeja putih dengan celana loreng berwarna abu-abu. Ia saat itu berfoto di samping patung batu yang dinamainya Malin.

Meski motif bawahannya cukup ramai, pemeran film Dear Nathan itu tak ragu menggunakan kaus putih bermotif. Ia melengkapi penampilan kasualnya dengan aksesori kalung rantai yang diselipkan di dalam kaus.

Santai di Pantai

Jefri Nichol. (dok. Intagram @jefrinichol/https://www.instagram.com/p/BubHlSbAcs6/Dinny Mutiah)

Pada kesempatan lain, Jefri terlihat menghabiskan waktu di pinggir pantai. Disalut langit fajar, ia lagi-lagi mengenakan kaus putih untuk mengisi waktu santainya.

Dipotret dari belakang, Jefri memadukan kaus putih dengan celana hitam yang dilipatnya hingga ke lutut. Meski simpel, tampilannya tetap menarik.

Berkupluk

Jefri Nichol. (dok. Instagram @jefrinichol/https://www.instagram.com/p/BuGi4q5Arz3/Dinny Mutiah)

Tampilan kasual Jefri Nichol tak hanya terlihat saat menghabiskan waktu senggang dengan teman-teman. Dalam sebuah undangan, ia kembali mengenakan atasan putih berupa kaus dengan tulisan kecil di bagian dada.

Agar tak terlalu polos, peraih Piala Maya untuk Aktor Pendatang Baru Terpilih itu mengombinasikannya dengan celana hitam bergambar kartun. Tak lupa, ia mengenakan kupluk hitam dan tas pinggang yang diselendangkan.

Main Motif

Jefri Nichol. (dok. Instagram @jefrinichol/https://www.instagram.com/p/BzIL-6QgSek/Dinny Mutiah)

Walau jarang bermain dengan motif, Jefri bukan tak pernah mengenakannya. Kala itu, ia mengenakan jaket bermotif daun berukuran besar yang mengingatkan pada baju ala Hawaii.

Demi menyeimbangkan penampilan, ia memakai kaus putih tanpa lengan di dalamnya. Sementara itu, bawahannya adalah celana pendek berwarna khaki, tampilan pas untuk berlibur di pantai.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjajal Fitur Keselamatan Honda Sensing di Accord 2019, Bisa Diandalkan?

Posted: 23 Jul 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - All new Honda Accord generasi kesepuluh telah meluncur secara resmi pada Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan. Berstatus all new, pembaruannya meliputi segala sektor. Satu fitur keselamatan yang diperkenalkan di Accord terbaru adalah Honda Sensing.

Honda Sensing mampu membantu pengemudi menghindari dan meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara. Sistem ini meliputi fungsi Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation System (RDM) yang terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) yang terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF) dan Auto-High Beam.

Untuk menangkap data-data yang diperlukan, Honda Sensing dilengkapi kamera yang ditempatkan di kaca bagian atas dan radar khusus di bumper depan.

Untuk menguji kemampuan Honda Sensing, PT Honda Prospect Motor selaku Agen Pemegang Merek Honda di Indonesia melakuan pengujian di sirkuit Bridgestone Proving Ground, Karawang.

Sirkuit tersebut diberikan beragam rintangan untuk mensimulasikan beragam kondisi yang dapat mengaktifkan fitur-fitur yang dimiliki oleh Honda Sensing.

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

Lane Keep Assist System

Honda Accord 2019 dilengkapi Honda Sensing (Amal/Liputan6.com)

Area pertama adalah pengujian fitur LKAS (Lane Keep Assist System) dan Road Departue Mitigation (RDM). Area ini merupakan perpaduan tikungan dan jalanan lurus sepanjang 800 meter. Terdapat marka jalan yang dapat dibaca oleh sistem Honda Sensing.

Fitur Honda Sensing yang aktif secara otomatis adalah RDM dan CMBS. RDM dan LKAS aktif di atas 72 km/jam. LKAS perlu diaktifkan terlebih dahulu melalui tombol yang berada di lingkar kemudi.

LKAS dan RDM dapat mengoreksi sudut lingkar kemudi jika diperlukan. Misalkan mobil terlihat akan berpindah jalur tanpa disengaja (misalkan dari jalur 3 ke jalur 2), dan saat mobil akan benar-benar keluar jalur (akan melewati marka putih yang tak putus). Saat saya mencoba lepas tangan di sirkuit tertutup, Honda Sensing melakukan tugasnya dengan baik. Hanya saja, Honda Sensing akan mengingatkan agar pengemudi memegang lingkar kemudi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adaptive Cruise Control + Low Speed Follow

Fitur Adaptive Cruise Control adalah salah satu fitur yang berguna saat perjalanan jauh di jalan tol. Berbeda dengan cruise control biasa, adaptive artinya kecepatan mobil dapat menyesuaikan dengan kecepatan mobil di depan. Bahkan, jika mobil di depan berhenti, mobil pun akan melakukan pengereman secara otomatis.

Fitur ini akan berguna jika keadaan padat merayap seperti yang sering terjadi di tol Cikampek. Demi keselamatan, jika mobil berhenti lebih dari tiga detik dan mobil di depan melaju, maka mobil akan meminta pengemudi untuk menekan tombol Res agar fitur adaptive cruise control dilanjutkan. Jika kendaraan berhenti tak sampai 3 detik, mobil akan melaju secara perlahan tanpa perlu menunggu input dari pengemudi. 

Anda dapat mengatur laju kecepatan mobil maksimal dan juga mengatur tingkatan jarak (short, medium, long, atau extra long) mobil dengan mobil yang berada di depannya.

Saat perjalanan ke Bandung, fitur ini membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman. Anda tak perlu lagi memainkan pedal gas dan rem untuk menyesuaikan kecepatan dengan mobil di depan. Fitur ini akan sangat membantu saat perjalanan mudik Lebaran nantinya.

 

 

 

Collision Mitigation Brake System

Collision Mitigation Brake System (CMBS) berfungsi untuk mencegah tabrakan terjadi. Awalnya sistem Forward Collision Warning (FCW) akan memberikan peringatan audio dan visual jika mendeteksi potensi tabrakan. Jika pengemudi dinilai tidak mengambil tindakan, sistem CMBS menerapkan beberapa tahap pengereman, bahkan sistem ini bisa melakukan pengereman total hingga mobil berhenti.

Yang perlu diingat, Honda sendiri mengklaim sistem Honda Sensing ini bersifat mendukung saja, bukan nirsopir, sehingga pengemudi tetap bertanggung jawab dan berperan aktif saat berkendara. Honda mengakui sistem kerja Honda Sensing dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya, seperti kondisi cuaca dan kecepatan mobil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPIH Kirimkan Surat Protes ke Saudi soal Penjaja Kartu Seluler

Posted: 23 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melayangkan surat protes kepada Direktur Kantor Kementerian Haji Bandara. Protes terkait keberadaan para penjaja kartu perdana Arab Saudi di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, yang dinilai mulai mengganggu kenyamanan jemaah haji Indonesia.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat, mengatakan keberadaan para penjaja kartu seluler Arab Saudi telah mengganggu dan memperlambat proses kedatangan jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz.

Ini berdasarkan pantauan langsung dirinya di lapangan. "Padahal, Kementerian Haji (Arab Saudi) sedang berupaya mengurangi waktu kedatangan (jemaah haji) di bandara. Jadi, ini bertentangan dengan keinginan pemerintah Arab Saudi yang ingin mempercepat kedatangan," jelas dia kepada tim Media Center Haji (MCH), Rabu (24/7/2019).

Selain melayangkan surat protes, dia menuturkan, petugas PPIH juga mensosialisasikan keberadaan petugas penjaja seluler tersebut kepada jemaah haji. Jemaah diminta tidak mengindahkan tawaran yang diberikan para penjaja kartu seluler meski gratis. "Bagi yang sudah mempunyai paket seluler dari Tanah Air itu sudah cukup digunakan di Arab Saudi," dia menambahkan.

Memang, dari pengamatan proses kedatangan jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah berlangsung cepat. Usai turun dari pesawat, jemaah haji yang telah mengenakan baju ihram langsung diarahkan menuju plaza, semacam ruang tunggu terbuka untuk beristirahat sejenak.

Setelah dikelompokkan berdasarkan rombongan, mereka lalu didorong langsung menuju bus untuk digeser ke Makkah. 

Bahkan, bagi jemaah haji asal Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) dan Jakarta-Pondok Gede (JKG) lebih cepat lagi. Itu karena mereka turun pesawat langsung diarahkan masuk ke bus dan berangkat ke Makkah. Prosesnya antara 30 menit dan paling lama 1,5 jam. 

Dalam proses keberangkatan jemaah inilah, para penjaja kartu seluler Arab Saudi menghampiri jemaah haji. Dengan jumlah tak sedikit, langsung meminta nomor paspor kepada jemaah. Kondisi ini yang membuat kenyamanan jemaah terganggu.

 

 

 

Jemaah Haji Perhatikan Hal Ini Saat Diserbu Tawaran Kartu Seluler di Bandara

Pekerja Telepon Seluler Arab Saudi menawarkan kartu perdana gratis ke jemaah haji Indonesia. Liputan6.com/Nurmayanti

Satu hal yang kerap terlihat saat jemaah haji tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, adalah banyaknya pekerja atau sales operator telepon seluler menawarkan kartu perdana secara cuma-cuma.

Sales yang merupakan pemuda/pemudi berseragam akan langsung menghampiri jemaah dan meminta paspor untuk didaftarkan kartu perdana.

Dari pengamatan, hal ini kerap membuat jemaah bingung dan sedikit menggangu langkah mereka. Apalagi, jemaah memiliki batas waktu untuk segara masuk ke bus usai keluar dari pintu bandara.

Sales kartu seluler pun sering menghentikan jemaah di jalan atau tidak menunggu di plaza, tempat jamaah haji beristirahat sejenak.

Ini juga terlihat sedikit menghambat proses pendorongan jemaah haji keluar yang dilakukan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Kepala Seksi (Kasie) Perlindungan Jamaah (Linjam) Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Syarifuddin Zuhri memberikan himbauan kepada jemaah haji akan kondisi ini.

Jemaah haji yang ingin menggunakan kartu seluler gratis dari operator Arab Saudi untuk melakukan registrasi di ruang tunggu.

"Karena untuk meregistrasi kartu seluler tersebut menggunakan paspor, maka jangan sampai lupa meminta kembali paspor yang telah diregistrasi. Jangan sampai lupa," kata Syarifudin Zuhri kepada tim MCH, seperti dikutip Senin (22/7/2019).

Jemaah pun diingatkan menjaga dengan baik paspor miliknya agar tidak hilang. Paspor menjadi pengenal jemaah selama berada di Tanah Suci. "Saya berharap ini diindahkan dan diperhatikan jemaah haji," dia menambahkan.

Kepala Daker Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat, juga meminta petugas membantu jemaah haji usai turun dari pesawat dan mengingatkan tentang paspor miliknya.

"Petugas harus mengingatkan jemaah agar jangan sampai lupa dengan paspornya setelah digunakan registrasi kartu seluler," kata Arsyad.

Apabila ada jemaah yang ingin melakukan registrasi kartu seluler Arab Saudi, maka bisa dilakukan di plaza. Petugas juga harus menyampaikan kepada sales kartu seluler untuk menawarkan dan meregistrasi kartu di plasa, sehingga tidak mengganggu kenyamaan jemaah dan proses pemberangkatan.

"Bagi yang sudah mempunyai paket seluler dari Tanah Air itu sudah cukup digunakan di Arab Saudi," dia menandaskan.

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Selidiki Amblesnya Undepass Kentungan

Posted: 23 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi mengevakuasi salah satu kendaraan yang terperosok di jalan underpass Kentungan Yogyakarta. Polres Sleman mulai menyelidiki penyebab terperosoknya dua kendaraan di underpass Kentungan. Guna penyelidikan, polisi memasang garis polisi di lokasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Terkabul, Sumiati Menunaikan Ibadah Haji di Usia 107 Tahun

Posted: 23 Jul 2019 10:00 PM PDT

Surabaya - Sumiati warga Jombang, Jawa Timur yang tergabung dalam kelompok penerbangan (kloter) 53 Embarkasi Surabaya mengaku masih kuat menjalankan ibadah haji meski usia sudah ke-107 tahun.

Nenek dengan tiga anak dan empat orang cucu ini juga mengucap syukur dapat meraih impian menunaikan ibadah haji. Bersama anaknya, Sumiati tergabung dalam kloter 53 Embarkasi Surabaya dan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Rabu 24 Juli 2019 pukul 15.00 WIB.

"Alhamdulillah doa saya terkabulkan. Doanya setiap hari, Ya Allah berikanlah saya umur panjang agar bisa menunaikan ibadah haji," kata Sumiati, kepada awak media, seperti ditulis Rabu (24/7/2019), yang dikutip dari suarasurabaya.net

Sumiati mengaku, menunaikan ibadah haji adalah impian terbesarnya. Setiap beribadah, doa itulah yang selalu ia panjatkan. Dia bersyukur, rezeki datang dari anak-anaknya yang membiayainya untuk menunaikan ibadah haji.

"Kuncinya sabar dan ikhlas. Harapannya, semoga ibadah ini lancar dan diberikan kesehatan. Iya ingin berdoa di sana untuk mendiang suami. Terus anak-anak dan cucu semuanya menjadi soleh solehah dan diberikan kesehatan selalu," kata Sumiati. 

Kebiasaan Sang Ibu

Sementara itu, Yatim Dwi Kaeksi anak Sumiati sempat mengungkapkan kebiasaan ibunya selama ini. Yaitu shalat tahajud dan puasa Senin Kamis yang selalu dilakukan sampai sekarang.  Yatim mengakui, memang ibunya sangat rajin beribadah. Di usianya yang lebih dari satu abad itu, Sumiati masih kuat berjalan kaki. Salah satunya pergi ke masjid setiap hari untuk sholat berjamaah.

"Ibu itu jam 3 pagi sudah bangun dan sudah mandi. Sholat tahajud, terus dzikir. Lanjut subuhan. Terus puasa senin kamis, dan sholat berjamaah ituengggak pernah absen. Memang ibu kepingin banget ibadah haji. Mohon doanya saja semoga ibu sehat," kata Yatim. 

Yatim mengaku, sudah menyiapkan beberapa perlengkapan untuk ibunya. Termasuk kursi roda dan obat-obatan yang harus rutin diminum. Sebab, nenek kelahiran 1 Juni 1912 itu sempat menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit jantung dan paru-paru. 

"Iya waktu itu hemoglobin ibu sempat turun. Terus ada penyakit jantung dan paru-paru, dan sempat dirawat di rumah sakit. Alhamdulillah kondisinya makin membaik. Seminggu setelah opname, kita langsung berangkat ke asrama haji. Obat-obatan dari dokter sudah dibawa," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Indonesia Tak Bisa Lepas dari Utang

Posted: 23 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa utang luar negeri (ULN) menjadi sumber pembiayaan kedua terbesar bagi Indonesia. Oleh karenanya, perekonomian domestik tidak bisa lepas dari jerat utang luar negeri.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, Indonesia memang memerlukan dana dari luar negeri untuk pembangunan, sebab pendanaan dari dalam negeri saja tak akan cukup. Sehingga, diperlukan juga pengelolaan ekonomi yang hati-hati untuk memikat investasi asing.

"Jadi bisa enggak negara ini hidup tanpa ULN? Memang negara ini membutuhkan ULN, tapi harus dikelola dengan hati-hati," ungkapnya seperti ditulis Rabu (24/7/2019).

Merujuk data BI, pembiayaan perekonomian yang tidak termasuk pembiayaan ke sektor keuangan hingga Juni 2019 tercatat sebesar Rp 9.093 triliun. Di mana kredit bank umum mendominasi dengan besaran Rp 5.228 triliun, tumbuh 10,05 persen year on year (yoy).

Kemudian, posisi kedua utang luar negeri perekonomian melalui ULN mencapai Rp 2.133 triliun, tumbuh 10,5 persen yoy. Adapun yang ketiga pendanaan berasal dari pasar modal sebesar Rp 922 triliun, tumbuh 8,09 yoy.

Selain dari penyaluran kredit umum, utang luar negeri, dan pasar modal, sumber pembiayaan perekonomian Indonesia juga berasal dari industri keuangan non bank (IKNB) sebesar Rp 698 triliun, atau tumbuh 9,28 persen yoy.

Sementara dari kredit Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar Rp 105 triliun, atau tumbuh 10,84 persen yoy. Serta dari fintech sebesar Rp 8,3 triliun, tumbuh signifikan sebesar 274,73 persen yoy.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Utang Luar Negeri Indonesia Rp 5.379 Triliun pada Akhir Mei 2019

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Bank Indoensia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir Mei 2019 tumbuh melambat dengan struktur yang sehat. Utang luar negeri Indonesia pada akhir Mei 2019 tercatat sebesar USD 386,1 miliar atau Rp 5.379 triliun (Estimasi kurs 13.932 per dolar AS).

Utang tersebut terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 189,3 miliar, serta utang swasta (termasuk BUMN) sebesar USD 196,9 miliar.

Dikutip dari publikasi BI, Senin (15/7/2019), utang luar negeri Indonesia tumbuh 7,4 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 8,8 persen (yoy), terutama dipengaruhi oleh transaksi pembayaran neto utang luar negeri dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sehingga utang dalam rupiah tercatat lebih rendah dalam denominasi dolar AS. 

Perlambatan pertumbuhan utang luar negeri bersumber dari utang luar negeri swasta, di tengah pertumbuhan utang luar negeri pemerintah yang tetap rendah.

Pertumbuhan utang luar negeri pemerintah tetap rendah. Posisi utang luar negeri pemerintah pada Mei 2019 tercatat sebesar USD 186,3 miliaratau tumbuh 3,9 persen (yoy), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 3,4 persen (yoy). Pendorongnya adalah penerbitan global bonds.

Kendati tumbuh meningkat, nilai nominal utang luar negeri pemerintah pada Mei 2019 menurun dibandingkan dengan posisi April 2019 yang mencapai USD 186,7 miliar. Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh pembayaran neto pinjaman senilai USD 0,5 miliar dan penurunan kepemilikan Surat Berharga Negara (SBN) oleh nonresiden senilai USD 1,5 miliar yang dipengaruhi oleh faktor ketidakpastian di pasar keuangan global yang meningkat seiring dengan eskalasi ketegangan perdagangan.

Rincian Utang Luar Negeri

(foto: Liputan6.com)

Pengelolaan ULN pemerintah diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, dengan porsi terbesar pada beberapa sektor produktif yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, yaitu sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial  dengan porsi 18,8 persen dari total utang luar negeri pemerintah.

Sedangkan sektor konstruksi  sebesar 16,4 persen, sektor jasa pendidikan  tercatat 15,8 persen, sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib  mencapai 15,1 persen, serta sektor jasa keuangan dan asuransi  di angka 14,3 persen.

Utang luar negeri swasta tumbuh melambat. Posisi utang luar negeri swasta pada akhir Mei 2019 tumbuh 11,3 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 14,7 persen (yoy). 

Hal tersebut terjadi disebabkan oleh menurunnya posisi utang di sektor jasa keuangan dan asuransi.

Pada Mei 2019, utang luar negeri swasta didominasi oleh sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor industri pengolahan, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara (LGA), serta sektor pertambangan dan penggalian dengan total pangsa 75,2 persen terhadap total utang luar negeri swasta. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marc Marquez Ungkap Rahasia Jarang Jatuh di MotoGP 2019

Posted: 23 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Brno - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez saat ini berada di puncak klasemen MotoGP 2019. Dia sudah memenangkan lima balapan dan mengoleksi 185 poin.

Fakta menariknya, Marquez lebih sering terjatuh di MotoGP 2019 ketimbang di tahun-tahun sebelumnya. Musim lalu, Marquez terjatuh sebanyak 23 kali, lebih banyak dari Cal Crutchlow dan Jak Miller, yang mencium aspal sebanyak 17 kali.

Pada 2017, Marquez jatuh lebih banyak, 27 kali. Hal itu menjadikannya sebagai pembalap yang paling banyak jatuh. Sedangkan pada musim ini, pembalap berusia 26 tahun itu baru tersungkur sebanyak enam kali.

Marquez memaparkan, dirinya jarang terjatuh karena sasis RC213V 2019 lebih kuat yang membantunya jarang terjatuh, meski motor lebih sulit dikendarai.

"Sepertinya tahun ini tentang sasis, mungkin kami kehilangan di beberapa poin, tetapi kami mendapatkan di titik lain. Itu adalah titik kritis saya dan kami memperoleh di sana," kata Marquez, seperti dikutip dari Motor Sport.

"Kelihatannya kami juga memiliki lebih banyak (tenaga) mesin, jadi lebih banyak (tenaga) memungkinkan kami untuk sedikit lebih aman di area pengereman," ujar pembalap MotoGP asal Spanyol tersebut.

 

Taktik Marquez Tidak Terjatuh

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil meraih podium juara di MotoGP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sanchsenring, Minggu (7/7/2019) malam WIB. (AFP/Vincent Jannink)

Lebih lanjut, Marquez menjelaskan sebuah rahasia yang membuatnya tidak mengalami kecelakaan. Dia kini lebih fokus untuk melakukan penyelamatan dirinya.

"Jika Anda sangat berkonsentrasi pada motor, Anda dapat melakukan penyelamatan. Saya sedikit jatuh (tahun ini), tapi jika Anda menghitung berapa banyak penyelamatan yang saya lakukan."

"Untuk alasan itu saya sedikit jatuh, tapi saya menyelamatkan lebih banyak. Anda harus sangat terkonsentrasi. Kemudian, pengalaman, suasana dalam tim, semua hal ini membantu," kata Marquez menegaskan.

 

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 185 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 127 poin

3. Danilo Petrucci (Ducati) 121 poin

4. Alex Rins (Suzuki) 101 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 85 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 80 poin

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 70 poin

8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 67 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) 67 poin

10. Pol Espargaro (KTM) 56 poin

11. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 52

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 50 poin

13. Joan Mir (Suzuki) 30 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 31 poin

15. Andrea Iannone (Aprilia) 21 poin

16. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 19 poin

17. Johann Zarco (KTM) 16 poin

18. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 15 poin

19. Tito Rabat (Avintia Racing) 14 poin

20. Stefan Bradl (Honda) 12 poin

21. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 11 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 3 poin

24. Karel Abraham (Avintia Racing) 3 poin

25. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 3 poin

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jefri Nichol Ditangkap Atas Kasus Narkoba, 7 Selebritas Ini Beri Dukungan

Posted: 23 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita penangkapan aktor muda berbakat Jefri Nichol mengagetkan publik. Aktor ganteng tersebut ditangkap terkait kepemilikan ganja yang ditemukan di lemari esnya.

Pihak kepolisian Polres Jakarta Selatan melakukan penangkapan terhadap Jefri Nichol pada Selasa (23/7) sore di daerah Kemang. Usai kabar tersebut, media sosial langsung dibanjiri dengan respons publik terhadap kabar penangkapan tersebut.

Simpati dan dukungan mengalir dari berbagai pihak atas pemain "Dear Nathan" itu. Tak terkecuali, dari para sahabat selebritas yang tergabung dalam film "Hit and Run" yang dibintangi Jefri Nichol.

Berikut beberapa dukungan yang diberikan oleh para selebritas terhadap Jefri Nichol seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Brandon Salim

 

Media visit pemain film Yowis Ben (Adrian Putra/Fimela.com)

Aktor muda anak dari Ferry Salim itu merupakan pribadi yang cukup dekat dengan Jefri Nichol. Tak heran, kabar penangkapan tersebut membuat Brandon Salim sedih.

Ia mengungkapkan rasa kecewanya di kolom komentar foto terakhir Jefri di Instagram dengan kata 'why' serta emoticon sedih.

 

2. Joe Taslim

Dok: Instagram

Lewat Stories Instagramnya, aktor yang sudah dianggap kakak oleh Jefri Nichol itu menulis pesan khusus:

"Jeprot i love you brother! Stay strong, you are a good kid! I know you are."

 

3. Tatjana Saphira

Doc: Instagram

Artis pemain 'Sweet 20' itu turut mengungkapkan simpatinya lewat Stories Instagram dengan menulis pesan:

"Hugs to my brother jefri all while be well soon."

 

4. Wirda Mansur

10 Gaya hijab Wirda Mansur kece abis. (wirda__mansur/instagram)

Putri Ustaz Yusuf Mansur itu juga meninggalkan komentar di foto Instagram Jefri Nichol.

"Didoain."

 

5. Ibnu Jamil dan Jerome Polin

Ibnu Jamil berharap Manchester Uinted tampil konsisten pada musim mendatang. (Bola.com/Aditya Wicaksono)

Kedua publik figur ini juga turut memberikan komentar berupa emoticon sedih.

 

6. Chandra Liow

Promo film Hit & Run di festival ramadhan Indosiar (Nurwahyunan/Fimela.com)

Chandra Liow tak menyangka Jefri ditangkap polisi karena narkoba. Sebagai orang yang dekat dengan Jefri, ia tak mengira aktor muda itu memakai barang haram tersebut.

"This is unreal, this is not the Jefri i know. Praying all the best for him and hope everything will be okay. Bro, u will be okay."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Rekomendasikan Jamal 'Preman Pensiun' Jalani Rehabilitasi

Posted: 23 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Artis peran Zulfikar atau lebih dikenal sebagai sosok Jamal dalam sinetron 'Preman Pensiun' telah tertangkap polisi menyalahgunakan narkoba jenis sabu. Dia ditangkap pada Sabtu (20/7/2019) pukul 01.15 dini hari di Apartemen Gateway Bandung.

Penangkapan ini dilakukan oleh jajaran Polrestabes Bandung. Pihak kepolisian merekomendasikan pelaku untuk mengajukan permohonan untuk rehabilitasi.

Kemudian pada Senin dan Selasa, dilakukan pengujian oleh Tim Assesment Terpadu (TAT) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat. Hasilnya adalah rekomendasi agar tersangka dikirim ke Balai Besar Rehabilitasi BNN, Lido, Bogor, Jawa Barat.

"Atas permintaan pihak kepolisian Polrestabes Bandung, kami melakukan assessment yang dilakukan asses terpadu pihak kejaksaan, Polda Jabar, BNN, dokter medis dan dokter kejiwaan tim. Hasilnya, merekomendasikan dua hal," kata Kepala BNNP Jawa Barat Brigadir Jenderal Sufyan Syarif, Rabu (24/7/3019).

Hal pertama, Sufyan mengatakan, berdasarkan fakta hukum dari rekomendasi BNN bahwa yang bersangkutan pengguna aktif bukan bagian daripada sindikat atau jaringan maupun pengedar.

"Sedangkan fakta medis yang bersangkutan pengguna aktif dalam satu tahun terakhir. Sebelumnya pernah menggunakan dalam jangka waktu panjang, sempat berhenti dan pakai lagi setahun terakhir," kata Sufyan.

Untuk itu, BNN mengeluarkan rekomendasi terhadap Zulfikar agar wajib menjalani rehabilitasi rawat inap di Lido. "Rehabilitasi selama enam bulan, tidak bisa keluar masuk," kata Sufyan.

Dijaga Ketat

Arris Zulfikar atau Jamal dalam perannya di sinetron 'Preman Pensiun' menjalani pemeriksaan medis di Kantor BNN Provinsi Jawa Barat, Senin (22/7/2019). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sufyan mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung dan balai rehabilitasi Lido agar Zulfikar dirawat di sana.

"Ya itu nanti koordinasi dengan pihak kepolisian yang menitipkan kepada rehab di Lido. Kami hanya melaksanakan permintaan dari Polrestabes Bandung untuk TAT dan rehabilitasi," ujarnya.

Selama enam bulan menjalani rehabilitasi, Zulfikar akan dirawat. Masa rehabilitasi itu diharapkan dapat menyembuhkan Zulfikar dan berhenti dari penggunaan narkotika.

"Di sana ketat tidak bisa main-main. Sebelum tahapan rehab ada assesmen ulang. Sangat ketat, kita tidak main-main dalam urusan rehabilitasi," kata Sufyan.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Sangka Lokasi Instagrammable Ini Ternyata Danau Beracun

Posted: 23 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengabadikan tempat atau lokasi eksotis saat ini sudah menjadi salah satu hal wajib yang dilakukan pengguna Instagram. Biasanya, lokasi ini dikenal dengan nama Instagrammable

Namun, siapa sangka tempat dengan pemandangan eksotis ternyata bukannya tidak menyimpan bahaya. Salah satunya berada di Galicia, Spanyol, tepatnya di danau Monte Neme yang berwarna biru terang.

Sekilas, danau tersebut terlihat begitu indah dan jernih. Akan tetapi, seperti dikutip dari The Sun, Rabu (24/7/2019), warna biru itu tercipta karena kontaminasi bahan kimia.

Tak tanggung-tanggung, julukan untuk danau itu adalah Chernobyl-nya Galician. Danau itu sendiri tercipta karena situs tambang tua yang berasal dari Perang Dunia II dan telah diabaikan sejak 1980-an.

Nah, melihat danau yang tampil apik, sejumlah Instagrammer pun dilaporkan ingin mengabadikan diri di tempat tersebut. Beberapa di antaranya bahkan sempat menceburkan diri ke danau itu.

Alhasil, para Instagrammer itu dilaporkan menderita iritasi kulit. Sementara laporan lain menyebut, seorang Instagrammer mengaku dia muntah-muntah dan mengalami ruam kulit setelah berendam di danau tersebut.

Aksi itu ternyata dilakukan sebab memang danau itu terlihat indah dan tidak ada larangan. Kareananya, para Instragammer itu berani melakukannya.

Untuk itu, usai kasus ini, pemerintah setempat diminta agar dapat memberikan peringatan termasuk membatasi akses masuk ke kawasan tersebut.

Unik, Restoran Ini Tawarkan Meja Instagrammable

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Instagram sendiri tak dimungkiri telah menjadi salah satu media sosial paling populer saat ini.

Beragam foto kerap diunggah di media sosial milik Facebook tersebut, mulai selfie hingga makanan.

Melihat tren tersebut, sebuah restoran di Boston, Amerika Serikat (AS) memiliki cara khusus bagi pengguna Instagram yang ingin makanannya tampak apik saat diunggah alias Instagramable.

Dikutip dari Forbes, restoran bernama Boston Chops ini menyediakan meja yang didesain khusus agar menunjang hasil foto yang baik.

Pemilik restoran bahkan tidak ragu mengklaim bahwa layanan tersebut merupakan meja pertama dan satu-satunya yang Instagrammable di seantero Amerika Serikat.

Menurutnya, restoran harus mengeluarkan uang hingga US$ 10 ribu (setara dengan Rp 140 juta) untuk membuat meja beserta perabotannya yang dapat menunjang hasil foto yang ciamik saat diunggah ke Instagram.

Jadi, meja dibekali dengan lampu lengan yang dapat digerakkan, cahaya yang dapat disesuaikan intensitasnya, hingga pengaturan suhu warna yang dapat diatur.

Berdasarkan penuturan pemilik, Chris Coombs dan Brian Piccini, mereka sampai bertemu dengan sejumlah influencer media sosial untuk memberikan masukan agar desain restoran ini Instagramable.

Sarana Pemasaran yang Ampuh

Ilustrasi konten Instagram. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

"Media sosial merupakan bagian besar dari bisnis kuliner saat ini dan kami tidak memikirkannya saat membuka Boston Chops South End lima tahun lalu," tutur Coombs.

Dia menuturkan, foto yang diunggah di media sosial merupakan cara pemasaran yang bagus.

Terlebih, jika foto tersebut diunggah oleh para influencer, sehingga lebih banyak orang yang tertarik ingin mencobanya.

Bagi kamu yang tertarik menjajalnya, meja khusus Instagram tersebut hanya tersedia apabila dipesan terlebih dulu.

Kendati demikan, sudut-sudut lain di restoran ini juga sudah disesuaikan agar mampu tampil bagus saat diunggah di media sosial.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Indahnya Bunga Matahari Bermekaran Saat Suhu Panas di Prancis

Posted: 23 Jul 2019 10:00 PM PDT

Bunga matahari terlihat di sebuah lapangan di Ayguesvives, Toulouse, Prancis selatan (23/7/2019). Peramal cuaca memperkirakan suhu tertinggi di berbagai negara eropa termasuk Prancis tempat merkuri akan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2019. (AFP Photo/Cabanis Eric)

Bunga matahari terlihat di sebuah lapangan di Ayguesvives, Toulouse, Prancis selatan (23/7/2019). Peramal cuaca memperkirakan suhu tertinggi di berbagai negara eropa termasuk Prancis tempat merkuri akan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2019. (AFP Photo/Cabanis Eric)

Bunga matahari terlihat di sebuah lapangan di Ayguesvives, Toulouse, Prancis selatan (23/7/2019). Peramal cuaca memperkirakan suhu tertinggi di berbagai negara eropa termasuk Prancis tempat merkuri akan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2019. (AFP Photo/Cabanis Eric)

Bunga matahari terlihat di sebuah lapangan di Ayguesvives, Toulouse, Prancis selatan (23/7/2019). Peramal cuaca memperkirakan suhu tertinggi di berbagai negara eropa termasuk Prancis tempat merkuri akan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2019. (AFP Photo/Cabanis Eric)

Bunga matahari terlihat di sebuah lapangan di Ayguesvives, Toulouse, Prancis selatan (23/7/2019). Peramal cuaca memperkirakan suhu tertinggi di berbagai negara eropa termasuk Prancis tempat merkuri akan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2019. (AFP Photo/Cabanis Eric)

Bunga matahari terlihat di sebuah lapangan di Ayguesvives, Toulouse, Prancis selatan (23/7/2019). Peramal cuaca memperkirakan suhu tertinggi di berbagai negara eropa termasuk Prancis tempat merkuri akan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2019. (AFP Photo/Cabanis Eric)

Bunga matahari terlihat di sebuah lapangan di Ayguesvives, Toulouse, Prancis selatan (23/7/2019). Peramal cuaca memperkirakan suhu tertinggi di berbagai negara eropa termasuk Prancis tempat merkuri akan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2019. (AFP Photo/Cabanis Eric)

Bunga matahari terlihat di sebuah lapangan di Ayguesvives, Toulouse, Prancis selatan (23/7/2019). Peramal cuaca memperkirakan suhu tertinggi di berbagai negara eropa termasuk Prancis tempat merkuri akan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2019. (AFP Photo/Cabanis Eric)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Stuber, Film Terbaru Iko Uwais yang Tayang di Bioskop

Posted: 23 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kejutan besar datang dari Iko Uwais. Usai membintangi Star Wars The Force Awakens dan Mile 22, Iko Uwais beradu akting dengan Dave Bautista lewat film Stuber. Dave Bautista sendiri dikenal dunia lewat film Guardians of the Galaxy dan Avengers Endgame.

Stuber mengisahkan polisi Vic Manning (Dave) bersama rekannya, Sara (Karen Gillan) yang menjalankan operasi untuk menangkap penjahat kelas kakap, Oka Tedjo (Iko Uwais). Tedjo diketahui terlibat perputaran narkoba. Sayang, di tengah operasi ini Sara terbunuh. Insiden ini membuat Vic terpukul.

Perburuan terhadap Oka Tedjo lantas diambil alih agen Angie McHenry (Mira Survino). Suatu hari, Vic mendapat kabar posisi terkini Oka Tedjo. Tak peduli sedang dalam masa rehat, Vic memburu Oka Tedjo menggunakan taksi yang dikemudikan Stuber (Kumail Nanjiani).

Stuber yang tak tahu apa-apa syok ikut dalam baku tembak Vic dan Oka Tedjo. Sebelum gila-gilaan bersama Iko Uwais dan Dave Bautista, simak dulu 5 fakta Stuber yang kami himpun dari berbagai sumber.

Iko Uwais Dipilih Langsung

(AFP Photo/Nick Agro)

Iko Uwais mengaku mendapat tawaran main film Stuber langsung dari sang sutradara, Michael Dowse. "Alhasil belum genap 1,5 bulan berada di Indonesia saya harus balik ke Amerika untuk syuting film ini. Sebelumnya saya menetap berbulan-bulan di Amerika Serikat untuk menyelesaikan syuting Mile 22 bersama Mark Wahlberg," beri tahu Iko Uwais.

Persamaan Dave dan Karen

Dave Bautista sebagai Drax di Guardians of the Galaxy. (Marvel Studios)

Dave Bautista dan Karen Gillan pernah tampil di film Guardians of the Galaxy hingga Avengers Endgame. Uniknya lagi, lagu berjudul "I'm Not in Love" dari 10xx yang menjadi salah satu soundtrack film ini pernah menjadi lagu pembuka Guardians of the Galaxy jilid pertama.

Akibat Diakuisisi Disney

Karena studio raksasa 20th Century Fox diakuisisi Disney, Stuber menjadi film pertama yang didistribusikan Disney dengan rating R (Restricted-Dewasa) dalam 5 tahun terakhir. Sebelumnya, Disney pernah merilis The Fifth Estate pada 2013.

Karen Gillan pemeran tokoh Nebula di Guardians of the Galaxy  (Via: Radio Times)

Penata Musik The Raid

Film yang rilis pada tahun 2014 ini merupakan sekuel dari film The Raid yang rilis pada tahun 2011 lalu.

Awalnya Ramin Djawadi (Game of Thrones, Iron Man, Pacific Rim, Warcraft) didapuk menjadi penata musik ilustrasi Stuber. Kemudian diumumkan Joseph Trapanese yang pernah menangani musik The Raid 1, The Raid 2: Berandal, dan Divergent Series mengerjakan musik Stuber

Tribut untuk John Woo

Stuber memuat adegan dramatis yang melibatkan burung merpati beterbangan. Ini merupakan tribut buat sineas John Woo yang selalu menampilkan adegan ikonis ini di setiap karyanya. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Gelar Pertemuan Bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi di Istana Bogor

Posted: 23 Jul 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Putra Mahkota Abu Dhabi atau Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (24/7/2019). Keduanya akan menggelar pertemuan bilateral guna membahas sejumlah kerja sama.

Jokowi sebelumnya menyambut Mohamed di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten. Keduanya kemudian berkendara bersama ke Istana Bogor.

Berdasarkan pantauan, Sheikh Mohamed, Jokowi beserta rombongan tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.30 WIB. Penyambutan Mohamed diawali dengan upacara kenegaraan.

Lagu kebangsaan kedua negara dan dentuman meriam mewarnai upacara ini. Setelah lagu kebangsaan kedua negara, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Jokowi memeriksa jajar pasukan kehormatan.

Kemudian, Jokowi mendampingi Mohamed melakukan penandatanganan buku tamu, penanaman pohon Damar, dan tete-a-tete. Selanjutnya, keduanya melakukan pertemuan bilateral.

Hadir mendampingi Jokowi yakni, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, hingga Menteri Kelautan dan Perikana Susi Pudjiastuti.

Keliling Bundaran HI

Presiden Jokowi Saat Menyambut Kedatangan Putra Mahkota Abu Dhabi atau Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). (Foto: Lizsa Egeham/Liputan6.com)

Sebelumnya, ditengah-tengah perjalanan menuju Istana Bogor, Jokowi mengajak Putra Mahkota mengelilingi Bundaran Hotel Indonesia. Mantan Walikota Solo itu ingin memperlihatkan pesatnya pembangunan Indonesia kepada Mohamed.

"Presiden ingin menunjukkan pesatnya pembangunan di Indonesia dengan melewati kawasan yang menjadi ikon Ibu kota Indonesia, yaitu bundaran HI, karena di sini terdapat juga MRT (Moda Raya Terpadu)," kata Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).

Sejumlah kerjasama akan dibahas dalam pertemuan ini, antara lain proyek pembangunan fasilitas pengolahan minyak atau proyek revitalisasi kilang (Refinery Development Master Plan/RDMP) di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selain itu, kerja sama di pengembangan industri petrokimia dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Ketiga, kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia Maspion di Surabaya, Jawa Timur. Total nilai investasi dari tiga kerja sama tersebut mencapai 9 miliar dolar AS atau setara Rp125,5 triliun.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Ilustrasi Gabungan Dua Tokoh Animasi Ini Keren Banget

Posted: 23 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keterampilan membuat karya ilustrasi memang tak dimiliki oleh semua orang. Meskipun membuat sebuah karya ilustrasi bisa dipelajari, akan tetapi jika tak memiliki bakat seni dalam menggambar tentu saja akan mengalami kesulitan. 

Membuat karya ilustrasi saat ini pun bisa memanfaatkan perkembangan teknologi. Tak hanya membuat sebuah ilustrasi menggunakan coretan tangan saja, akan tetapi kamu bisa membuat sebuah ilustrasi dengan bantuan aplikasi.

Beberapa karya ilustrasi yang cukup diminati ialah membuah sebuah ilustrasi dari tokoh animasi. Tak jarang pula para seniman akang mengkombinasikan ilustrasi yang dibuat agar terlihat lebih modern dan berbeda dengan lainnya. Namun apa jadinya jika ilustrasi yang dibuat merupakan gabungan dari dua tokoh dalam serial animasi ataupun film?

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Rabu (24/7/2019) seniman bernama Linda Bouderbala asal Paris ini mencoba mengaplikasikan hal tersebut. Ia membuat beberapa karya seni ilustrasi dengan menggabungan dua tokoh film ataupun animasi menjadi satu.

Berikut ini beberapa karya dari Linda Bouderbala yang dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @linda_bouderbala, Rabu (24/7/2019).

1. Ini gabungan dari Poison Ivy dan Cruella de Vill

Ilustrasi animasi (Sumber: Instagram/linda_bouderbala)

2. The Sultan dari Aladdin dan Toad nih

Ilustrasi animasi (Sumber: Instagram/linda_bouderbala)

3. Dua tokoh terkenal, The Joker dan Pennywise setelah digabungan cukup mengerikan

Ilustrasi animasi (Sumber: Instagram/linda_bouderbala)

4. Gabungan dari Minion dan Iago sekilas mirip Angry Bird ya

Ilustrasi animasi (Sumber: Instagram/linda_bouderbala)

5. Rick Sanchez dan Inspector Gadget digabungkan, harus hati-hati

Ilustrasi animasi (Sumber: Instagram/linda_bouderbala)

6. Helga Pataki dan Gally jadi punya pesona tersendiri ya

Ilustrasi animasi (Sumber: Instagram/linda_bouderbala)

7. Captain Planet dan Iron Man siap melindungimu nih

Ilustrasi animasi (Sumber: Instagram/linda_bouderbala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waketum Gerindra: Maju Terus Kang Mas Jokowi

Posted: 23 Jul 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono menilai pertemuan antar ketua umum partai politik dan presiden terpilih pasca-Pilpres 2019 adalah hal yang lumrah.

"Pertemuan kalau cuma cipika cipiki saja, ya sama saja tidak ada gunanya," kata Arief dalam keterangan persnya, Rabu (24/7/2019).

Menurut Arief, sejak dulu pertemuan antartokoh politik tidak ada yang konkret memperbaiki kondisi bangsa.

"Korupsi makin subur, kemiskinan makin maju dan nasib buruh tidak makin sejahtera, pengangguran tinggi, petani makin enggan tanam padi karena import, asing makin mendominasi," kata dia.

Untuk itu, Arief berharap pertemuan para tokoh politik tersebut dapat mengubah kondisi bangsa.

"Pikirkanlah itu oleh kita sama-sama jangan cuma bertemu hanya untuk cipika cipiki. Sebab kita tidak tahu apa yang akan terjadi 5 tahun ke depan dengan ekonomi Indonesia," kata dia.

Arief juga memberikan semangat kepada Presiden terpilih Joko Widodo dan berharap melanjutkan program yang sudah baik.

"Maju terus Kangmas Joko Widodo. Tuntaskan semua program kangmas yang sudah bagus," tandas Arief.

Megawati dan Prabowo Bertemu

Hari ini, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto bertemu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut pertemuan itu adalah diplomasi makan siang.

Sebab, kata Hasto dengan makan siang, suasana politik antara Megawati dan Prabowo akan lebih cair.

"Dengan diplomasi makan siang itu kan segala sesuatu menjadi lebih ringan untuk kita membahas tentang bangsa dan negara," ujar Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Hasto tidak mengatakan apakah pertemuan tersebut bicara koalisi. Namun, Hasto juga tidak menampik kemungkinan bahas Gerindra bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Hanya saja, kata dia, yang penting pertemuan tersebut bisa terlaksana.

"Yang penting bertemu dulu karena sudah lama tidak melakukan pertemuan," kata dia.

Begitu juga dengan pembicaraan soal paket MPR. Hasto mengatakan pertemuan Megawati dan Prabowo adalah pertemuan nostalgia. Sebab keduanya sudah sejak lama tidak melakukan pertemuan khusus.

"Ini kan baru pertemuan setelah kedua pemimpin kedua beliau lama tidak bertemu dan tentu saja ada berkas-berkas nostalgia dan kemudian makanan yang dipersiapkan oleh ibu Megawati Soekarnoputri jadi hal-hal yang ringan," kata Hasto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Singapura Sita Gading Gajah dan Sisik Trenggiling Ilegal Terbesar

Posted: 23 Jul 2019 09:50 PM PDT

Gambar yang dirilis pada 23 Juli 2019, gading gajah dan karung-karung berisi kulit trenggiling yang disita di Singapura. Hasil tangkapan 11,9 ton sisik trenggiling bernilai USD 35,7 juta itu juga memuat penyitaan besar ketiga trenggiling di Singapura tahun ini. (Handout/National Parks Board/AFP)

Gambar yang dirilis pada 23 Juli 2019, gading gajah dan karung-karung berisi kulit trenggiling yang disita di Singapura. Hasil tangkapan 11,9 ton sisik trenggiling bernilai USD 35,7 juta itu juga memuat penyitaan besar ketiga trenggiling di Singapura tahun ini. (Handout/National Parks Board/AFP)

Gambar yang dirilis Badan Taman Nasional pada 23 Juli 2019 menunjukkan gading gajah yang disita di Singapura. Ribuan kilogram gading yang diperkirakan bernilai US$ 12,9 juta atau Rp 180 miliar itu merupakan penyitaan terbesar gading gajah oleh aparat Singapura. (Handout/National Parks Board/AFP)

Gambar yang dirilis Badan Taman Nasional pada 23 Juli 2019 menunjukkan gading gajah yang disita di Singapura. Ribuan kilogram gading yang diperkirakan bernilai US$ 12,9 juta atau Rp 180 miliar itu merupakan penyitaan terbesar gading gajah oleh aparat Singapura. (Handout/National Parks Board/AFP)

Gambar yang dirilis Badan Taman Nasional pada 23 Juli 2019 menunjukkan karung-karung berisi kulit trenggiling yang disita di Singapura. Sebanyak 11,9 ton kulit trenggiling yang ditaksir bernilai Rp 500 miliar itu diyakini diambil dari 2.000 ekor trenggiling. (Handout/National Parks Board/AFP)

Gambar yang dirilis Badan Taman Nasional pada 23 Juli 2019 menunjukkan karung-karung berisi kulit trenggiling yang disita di Singapura. Sebanyak 11,9 ton kulit trenggiling yang ditaksir bernilai Rp 500 miliar itu diyakini diambil dari 2.000 ekor trenggiling. (Handout/National Parks Board/AFP)

Gambar yang dirilis Badan Taman Nasional pada 23 Juli 2019 menunjukkan karung-karung berisi kulit trenggiling yang disita di Singapura. Gading dan kulit trenggiling itu ditemukan di dalam kontainer pada 21 Juli setelah informasi dari departemen bea cukai China. (Handout/National Parks Board/AFP)

Gambar yang dirilis Badan Taman Nasional pada 23 Juli 2019 menunjukkan karung-karung berisi kulit trenggiling yang disita di Singapura. Gading dan kulit trenggiling itu ditemukan di dalam kontainer pada 21 Juli setelah informasi dari departemen bea cukai China. (Handout/National Parks Board/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menanam Sawi yang Mudah Dipraktikkan, Pahami Proses Perawatannya

Posted: 23 Jul 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara menanam sawi sangatlah mudah karena tanaman ini merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap lingkungan.

Sawi sangat mudah dibudidayakan karena bisa hidup di dataran tinggi maupun dataran rendah. Selain itu, mudah juga ditanam pada kondisi kering dan tidak membutuhkan banyak air. Oleh sebab itu, saat menanam sawi sebaiknya dibuat bedengan agar saat curah hujan tinggi lahan tidak tergenang.

Selain tak rumit, cara menanam sawi ini juga tak memerlukan kondisi lahan yang luas. Namun tergantung dari kebutuhan yang kamu inginkan. Apabila kamu menginginkan hasil panen sawi yang melimpah untuk dijual, maka lahan yang luas sangat diperlukan. Apabila kamu hanya ingin menanam sawi untuk dikonsumsi sendiri, maka lahan sempit pun tak masalah.

Nah, sebelum mengetahui cara menanam sawi, ada baiknya kamu menentukan jenis sawi yang akan ditanam apabila kamu menjadikan alasan menanam sawi untuk dijual kembali. Pasalnya, dengan mengetahui jenis-jenis sawi, kamu bisa menentukan target pasar sehingga tak kesulitan mencari pasar saat panen.

Selanjutnya, Liputan6.com, Rabu (24/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber untuk cara menanam sawi. Cara ini sangat mudah dipraktikkan buat kamu yang pemula.

Pemilihan dan Penyemaian Benih Sawi

Benih Sawi / Sumber: iStockphoto

Pemilihan Benih Sawi

Urutan cara menanam sawi yang pertama yang harus diperhatikan dan dilakukan adalah memilih benih. Memilih benih merupakan tahapan penting karena merupakan faktor penentu keberhasilan serta kualitas sawi yang ditanam. Apabila kamu menginginkan kualitas sawi yang baik, maka diperlukan benih sawi yang baik juga.

Kamu bisa mendapatkan benih sawi dengan kualitas baik di toko bibit dan masih terbungkus serta tidak rusak. Ciri umum benih sawi yang baik adalah berwarna cokelat kehitaman, bertekstur keras dengan bentuk bulat kecil, dan permukaan yang licin seperti mengkilap.

Tak hanya membelinya, kamu juga bisa menghasilkan bibit sawi sendiri dengan memperolehnya dari sawi hasil penanaman yang baru berusia kurang lebih 70 hari penanaman. Untuk tanaman sawi yang akan diambil benihnya harus terpisah dari tanaman sawi lainnya untuk memudahkan pembenihan.

Di setiap hektar tanah yang akan ditanami bibit sawi, maka diperlukan benih sawi seberat kurang lebih 750 gram. Namun apabila kamu menanam sawi hanya di pekarangan, maka benih sawi yang dibutuhkan hanya dua sendok makan atau disesuaikan dengan luas media tanamnya.

Pembibitan atau Penyemaian Benih

Setelah memperoleh bibit sawi dengan kualitas baik, cara menanam sawi selanjutnya adalah dengan melakukan pembibitan atau penyemaian benih. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan tunas sawi yang berkualitas baik. Cara penyemaian bisa kamu lakukan dengan merendam benih yang akan digunakan selama 6 hingga 12 jam.

Selanjutnya, pilihlah benih sawi yang tidak mengapung selama direndam. Kalau sudah, keringkan benih pilihan tadi dan kemudian dimasukkan ke dalam emdia tanam seperti polybag yang berisi humus dan pupuk organic dengan perbandingan 1:3.

Isi polybag dengan 5 hingga 10 benih sawi dan disiram setiap dua kali sehati sampai daun muncul (bertunas). Untuk mempercepat pertunanasan benih, simpan benih yang akan disemai di tempat yang sejuk dan terkena sinar matahari secara langsung. Pastikan benih memperoleh air yang cukup untuk menjaga kelembapannya.

Apabila tunas sawi sudah tumbuh, biarkan dahulu selama kurang lebih 10 hari sebelum dipindahnya ke lahan tanam.

Mengolah Lahan dan Menanam Sawi

Benih Sawi / Sumber: iStockphoto

Mengolah Lahan Tanam

Cara menanam sawi selanjutnya adalah dengan mengolah lahan tanam yang nantinya akan digunakan untuk menanam sawi. Hal ini bertujuan untuk menggemburkan tanah yang akan digunakan sehingga sawi dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, proses ini juga berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah sehingga cocok untuk ditanami sawi.

Cara mengolah lahan tanamnya, kamu bisa mencangkul tanah hingga gembur dan membersihkannya dari gulma ataupun rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan sawi. Kamu perlu mencangkul tanah sedalam 20-40 cm dan ditambahkan dengan pupuk organik sebanyak 10 ton per hektar tanah untuk memperbaiki unsur hara tanah. Pastikan juga untuk adanya sinar matahari tanpa ada pohon yang menghalangi.

Apabila tanah yang digunakan untuk menanam sawi terlalu asam, kamu bisa melakukan pengapuran untuk menaikkan derajat asam tanah. Pengapuran harus dilakukan 2-4 minggu sebelumnya dengan penaburan kapur kalsit atau dolomit. Setelah itu dibuat bedengan dengan panjang 1-3 m, lebar 80-12 cm, dan tinggi 20 – 30 cm.

Menanam Tunas Sawi

Kalau lahan tanam sudah siap, kamu bisa melanjutkan cara menanam sawi dengan menanam sawi yang bertunas ke tanah yang sudah disiapkan tadi. Perhatikan jarak tanam sawi, yang sebaiknya berjarak 25-30 cm setiap tanaman dengan kedalaman lubang tanam 6-10 cm.

Kalau sudah ditanam, kamu bisa menimbun bibit sawi hingga sebagian batangnya dengan menggunakan pupuk kompos.

Merawat Tanaman Sawi

Sawi / Sumber: iStockphoto

Merawat Tanaman Sawi

Cara menanam sawi selanjutnya adalah dengan merawat tanaman sawi. Perawatan tanaman sawi terbilang cukup sulit karena bila salah dalam merawatnya, sawi tidak akan tumbuh dengan baik atau bahkan dapat mati.

Pastikan sawi mendapatkan sinar matahari yang cukup dengan paparan sinar yang tidak melebihi 8 jam setiap harinya. Selain itu, siram sawi dua kali dalam sehari agar tanah tetap basah dan lembap.

Kalau memasuki musim penghujan, pastikan intensitas curah hujan sesuai dengan kondisi tumbuh sawi.

Penjarangan

Selain proses penyiraman saat merawat sawi, cara menanam sawi yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah melakukan penjarangan. Penjarangan biasanya dilakukan setelah 14-18 hari penanaman sawi. Proses ini dilkakukan dengan mencabut tanaman sawi yang tumbuh terlalu rapat sehingga sawi memiliki tingkat kesuburan yang sama.

Penyulaman, Penyiangan, Basmi Hama hingga Memanen

Penyulaman Tanaman

Penggantian tanaman sawi yang telah rusak dengan tanaman baru yang masih baik merupakan tahapan penyulaman. Penyulaman dapat dilakukan 2-4 kali sebelum masa tanam dengan memperhatikan tanaman sawi yang telah ditanam apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Apabila ditemukanan bagian sawi yang rusak, maka segeralah untuk mencabut dan ganti dengan tanaman sawi lain yang masih baik.

Penyiangan

Proses ini dilakukan 2-4 kali selama masa tanam dengan mencabut gulma atau rumput liar yang tumbuh di sekitar sawi, menggemburkan tanah, serta pemupukan setelah 3 minggu masa tanam.

Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan 1 sendok teh urea yang dicampurkan ke dalam 25 liter air dan disiram di atas tanaman setiap pagi dan sore.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang biasa menyerang sawi yaitu ulat perusak daun, ulat tanah, dan ulat grayak. Sedangkan penyakit yang biasa menyerang sawi yaitu penyakit bercak daun, penyakit busuk alternaria, penyakit akar gada, dan penyakit busuk daun.

Hama dan penyakit yang menyerang sawi ini bisa menurunkan kualitasnya, oleh karena itu diperlukan pengendalian hama dan penyakit. Kamu bisa melakukan pengendalian dengan memberikan pestisida selama dua minggu sebelum masa panen.

Masa Panen Sawi

Terakhir dalam proses cara menanam sawi adalah memanen. Panen sawi bisa dilakukan ketika sawi berumur 50-80 hari setelah penanaman benih. Cara yang digunakan untuk memanen sawi yaitu dengan mencabutnya hingga ke akar atau hanya memotong batang dan daunnya saja.

Kalau sudah dipanen, bersihkan sawi dari kotoran yang menempel dan disimpan dengan posisi berdiri sambil diberi sedikit percikan air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boris Johnson Terpilih Jadi PM Inggris, Rupiah Melemah ke 14.017 per Dolar AS

Posted: 23 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu ini. Hari ini rupiah akan bergerak melemah di kisaran 13.990 per dolar AS sampai 14.020 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Rabu (24/7/2019), rupiah dibuka di angka 13.992 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.985 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus melemah hingga tembus ke level 14.017 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.992 per dolar AS hingga 14.023 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 2,60 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.011 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 13.973 per dolar AS.

Rupiah melemah pasca terpilihnya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menggantikan Theresa May.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, Boris Johson dikenal sebagai inisiator keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit dan menjanjikan Inggris akan keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan. Presiden Trump sebagai pendukung kuat Boris langsung mengucapkan selamat.

"Duo Trump dan Johnson ini bisa menjadi mitra yang menguatkan pola tatanan perdagangan global baru yang menuju pada proteksi. Ketidakpastian terkait isu proteksi perdagangan kemungkinan menguat," ujar Lana.

Johnson-Trump mengingatkan pada era 1980-an yang pada waktu itu Presiden AS Ronald Reagan dan PM Inggris Margaret Thatcher melakukan perubahan tatanan perdagangan dunia dari yang berproteksi menjadi perdagangan bebas, yang saat ini barangkali akan dibalikkan kembali oleh duo tersebut.

Lana memperkirakan hari ini rupiah akan bergerak melemah di kisaran 13.990 per dolar AS sampai 14.020 per dolar AS.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Teller menunjukkan mata uang dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah berada di zona hijau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Rumor Bergabung ke MU, Bruno Fernandes Hanya Bisa Pasrah

Posted: 23 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Gelandang subur Sporting CP, Bruno Fernandes hanya bisa pasrah soal masa depannya. Bruno, dalam beberapa waktu terakhir, digosipkan bakal bergabung dengan Manchester United (MU).

Manajemen Setan Merah, sebutan MU, memang menginginkan gelandang Timnas Portugal tersebut. Hanya saja, pihak MU mengajukan tawaran yang dianggap Sporting CP belum sesuai.

Sporting CP menghargai Bruno lebih dari 62 juta euro atau setara dengan Rp 970 miliar. Harga tersebut membuat MU masih berpikir untuk menggaet Bruno.

Terkait hal tersebut, Bruno terlihat pasrah. Dia hanya menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen Sporting CP hingga bursa transfer musim panas berakhir.

"Apakah ini akan menjadi pertandingan terakhir saya untuk Sporting? Saya tidak tahu, pelatihlah yang memutuskannya nanti," kata gelandang incaran MU berusia 24 tahun tersebut, dikutip dari Sportskeeda.

 

Ingin Main di Inggris

Bruno Fernandes. (AFP/Pau Barrena)

Namun, Bruno memastikan sangat berhasrat bermain di Liga Inggris, salah satu kompetisi paling bergengsi di dunia. Dia mengakui Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi yang diimpikannya.

"Saya sudah mengatakan bahwa saya ingin bermain di Inggris, tetapi saya tidak peduli tentang itu sekarang," ucap pemain kelahiran Maia, Portugal tersebut.

"Jika itu akan terjadi musim ini? klublah yang memutuskan, klub yang bertanggung jawab soal itu," ujar Bruno menegaskan.

 

Statistik Bruno

Berikut statistik Bruno Fernandes selama memperkuat Sporting CP pada 2 Juli 2017:

Main: 109

Menit main: 9.395

Gol: 48

Assist: 38

Kartu kuning: 28

Kartu merah: 0

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ibunda Jefri Nichol Kembali Jenguk Anaknya

Posted: 23 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ibunda Jefri Nichol, Junita kembali mendatangi kantor Polres Jakarta Selatan untuk melihat kondisi anaknya. Hingga kini, Jefri masih diperiksa tentang kepemilikan ganja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rifky Balweel Pamer Bayi dalam Kandungan Istri

Posted: 23 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rifky Balweel saat ini tengah berbahagia. Pasalnya sang istri, Biby Alraen, sedang mengandung setelah mereka menikah selama satu setengah tahun.

Melalui sebuah unggahan video, Rifky Balweel dan istrinya memperlihatkan hasil dari pemeriksaan kandungan yang sudah memasuki usia empat bulan.

"Kami mau kasih tahu berita bahagia di channel Youtube Rifky Balweel Family. Jadi kami mau kontrol karena istriku ini alhamdulillah sedang berbadan dua," ujar Rifky Balweel dalam video di channel Youtube Rifky Balweel family yang diunggah Senin (22/7/2019).

Rifky Balweel lantas meminta doa kepada warganet agar sang istri diberi kesehatan hingga selesai melahirkan.

Kebahagiaan Biby Alraen

Istri Rifky Balweel, Biby Alraen. (Instagram: @bibyalraen13)

"Jadi kita sekarang mau kontrol, sudah mau masuk hampir empat bulan jadi doain sehat-sehat terus. Setiap hari juga Biby tidak boleh capek dan jaga makanan," tambah Rifky.

Biby pun mengungkapkan kebahagiaannya bisa hamil anak pertama dari Rifky. Pasalnya, sang anak sudah menjadi penantiannya sejak pertama menikah.

"Dari awal nikah kan satu setengah tahun baru dapat nih akunya baru hamil. Jadi, kayak senang banget pokoknya. Kan yang lain alhamdulillah, sudah cukup, alhamdulillah. Jadi pas tahu hamil senang banget," Biby mengutarakan.

Anak dalam kandungan Biby Alraen, istri Rifky Balweel. (Youtube Rifky Balweel family)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peduli Lingkungan, Negara Ini Tetapkan Hari Libur Khusus untuk Tanam Pohon

Posted: 23 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini hutan dunia sedang mengalami penyusutan lahan. Hal ini dipicu maraknya illegal logging dan kurang sadarnya manusia untuk melakukan penghijauan. Menanamkan rasa cinta kepada lingkungan bisa dimulai dari hal yang kecil, salah satunya dengan menanam pohon. 

Dengan menanam pohon maka udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga dan pohon dapat menjaga lingkungan dari bencana banjir dan longsor. Kampanye penghijauan rasanya hanyalah seperti kegiatan formalitas saja. Nyatanya masih banyak sekali orang yang belum sadar akan hal ini.

Sebenarnya banyak cara untuk mendorong semangat peduli lingkungan, seperti yang diterapkan oleh negara Turki yang punya cara cukup unik. Saat ini pemerintah Turki tengah merancang rencana untuk mengadakan hari libur nasional khusus untuk menanam pohon, seperti yang Liputan6.com lansir dari Daily Sabah, Rabu (24/7/2019).

Hari Libur Khusus untuk Menanam Pohon

Ilustrasi Foto Pohon (iStockphoto)

Ide untuk membuat hari libur khusus untuk menanam pohon ini datang dari seorang pengguna Twitter bernama Enes Sahin. Sahin mengungkapkan ide unik ini di akun pribadinya yang berhasil menjaring perhatian para warganet.

"Saya punya ide. Kenapa kita tidak menetapkan hari libur untuk menanam pohon? Kita luangkan waktu satu hari bagi 82 juta orang di negara ini, termasuk anak-anak dan lansia, untuk menanam pohon. Kita tunjukkan contoh yang baik kepada dunia dan mewariskan negeri yang hijau untuk generasi selanjutnya," papar Sahin.

Kicauan di media sosial ini menarik perhatian sejumlah tokoh penting, termasuk politisi muda Rumeysa Kadak, sampai presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Ide ini sangat brilian. Segera kami agendakan," ujar Kadak membalas pesan Sahin yang kemudian memperoleh 55 ribu respons dari para pengguna Twitter.

Segera Direalisasikan

Ilustrasi Negara Turki | unsplash.com

Tak lama setelah bertukar pesan di dunia maya, Sahin dan Kadak pun saling bertemu dan membahas ide-ide positif untuk kelestarian lingkungan. "Tidak diragukan lagi, sebentar lagi kita akan mendengar kabar baik untuk membuat Turki lebih hijau," ungkap Kadak.

Turki bukan negara pertama yang akan menggelar hari spesial ini. Beberapa negara sudah memiliki hari nasional khusus menanam pohon dan terdaftar di The Arbor Day Foundation. Beberapa negara ini di antaranya Australia, Kenya, Korea Utara, dan Iran.

Masih melalui media sosial Twitter, presiden Erdogan turut menyampaikan dukungannya terhadap saran dari Sahin.

"Ini ide yang sangat bagus. Kami selalu berusaha untuk membuat Turki lebih hijau. Saya dan rekan-rekan akan membahas rencana ini agar kita segera punya hari libur untuk menanam pohon," papar sang presiden.

Sahin mengaku ide ini terinspirasi dari hari libur Idul Fitri dan Idul Adha. Bagi Sahin, negaranya juga perlu hari libur yang khusus digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas peduli lingkungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Siap Bantu KY Usut 2 Hakim MA yang Bebaskan Syafruddin Temenggung

Posted: 23 Jul 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap membantu Komisi Yudisial (KY) menindaklanjuti laporan dua hakim Mahkamah Agung (MA) yang menangani kasasi mantan Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung.

Kedua hakim MA dilaporkan karena keputusannya dianggap tidak tepat. Keduanya, yakni Hakim Agung Syamsul Rakan Chaniago dan dan Hakim Agung M Askin.

"KPK akan membantu Komisi Yudisial jika ada informasi-informasi yang dibutuhkan atau dokumen-dokumen yang dibutuhkan atau bukti-bukti lain yang dibutuhkan secara paralel," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (24/7/2019).

Febri memastikan, KPK sudah sesuai prosedur saat mengusut kasus korupsi penerbitan SKL BLBI terhadap Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) milik Sjamsul Nursalim. Dokumen dan bukti-bukti lain jika dibutuhkan KY, maka KPK siap memberikan.

"KPK juga terbuka untuk bekerjasama dan berkoordinasi dengan pihak Badan Pengawasan Mahkamah Agung," kata dia.

Terkait putusan Syafruddin, Febri mengatakan hingga kini pihaknya belum menerima salinan putusan yang membebaskan Syafruddin itu. Febri berharap, salinan putusan kasasi Syafruddin bisa segera diserahkan MA dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama ya kita bisa mendapatkan putusan itu agar langkah lebih lanjut, langkah yang lebih konkret upaya hukum terhadap putusan kasasi ini," kata dia.

Sebelumnya, KY menerima laporan dari Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi terkait dua hakim Mahkamah Agung yang melepaskan mantan Ketua BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung dari kasus dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI terhadap BDNI.

KY memastikan menindaklanjuti laporan dua hakim tersebut. KY menyebut laporan akan ditelaah paling lambat 60 hari. KY tak segan memberikan sanksi terhadap dua hakim tersebut jika terbukti melakukan pelanggaran.

Upaya Hukum Luar Biasa

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memberi keterangan perkembangan kasus Bupati Malang Rendra Kresna di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/10). KPK menetapkan Rendra sebagai tersangka dugaan suap dan penerimaan gratifikasi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menegaskan, pihaknya akan melakukan upaya hukum lain menanggapi putusan Mahmakah Agung (MA) yang membebaskan Syafruddin Arsyad Tumenggung.

"KPK akan mempelajari dan segera menentukan sikap yang pada prinsipnya adalah akan melakukan upaya hukum biasa atau luar biasa dalam kerangka penanganan perkara ini," ujar Saut dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 9 Juli 2019.

Untuk saat ini, Saut mengatakan, pihaknya akan melaksanakan putusan MA. Saut menyebut, KPK tetap menghormati dunia peradilan.

"KPK akan melaksanakan putusan kasasi ini sebagaimana disebutkan dalam amar putusan setelah kami mendapatkan salinan putusan atau petikan putusan secara resmi," kata Saut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Pelempar Telur PM Australia Dihukum Kerja Sosial 18 Bulan

Posted: 23 Jul 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Albury - Seorang wanita yang melempar sebutir telur ke kepala Perdana Menteri Australia Scott Morrison saat kampanye pemilihan pada Mei lalu dijatuhi community corrections atau kerja sosial selama 18 bulan. Selain itu ia juga harus menyelesaikan pelayanan masyarakat 150 jam.

Amber Holt yang berusia 25 tahun, menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri Albury, New South Wales (NSW) pada Selasa 23 Juli 2019, setelah awal bulan ini mengaku bersalah melempar telur ke Perdana Menteri (PM) Scott Morrison.

Amber Holt melemparkan sebutir telur ke kepala PM Scott Morrison ketika dia sedang berkampanye di sebuah konferensi Asosiasi Wanita Pedesaan di Albury, NSW pada bulan Mei. Telur itu sempat mengenai kepalanya tetapi tidak pecah.

Amber Holt juga mengaku bersalah memiliki ganja pada saat melakukan pelemparan telur itu.

Dia juga masih harus menjalani satu pekan lagi perintah berkelakuan baik selama 18 bulan atas keterlibatannya dalam insiden kekerasan dalam rumah tangga.

Dalam putusan hukumannya, seperti dikutip dari ABC.net.au, Rabu (24/7/2019), Hakim Rodney Brender mengatakan siapapun warga negara Australia tidak patut menjadi sasaran perlakuan kekerasan dalam bentuk apa pun.

"Anda tidak boleh membiarkan seseorang menyerang orang lain secara fisik hanya karena pandangan politik mereka," katanya.

Pihak Jaksa penuntut beralasan pelanggaran yang dilakukan Amber Holt juga diperparah dengan tingkat perencanaan yang mengarah pada hasutan, yang melibatkan Holt mendengar kunjungan Perdana Menteri Australia di radio, ia kemudian mengemudikan kendaraannya menuju supermarket khusus untuk membeli telur, dan kemudian melakukan perjalanan menuju acara tersebut.

Tetapi pengacara Holt mengatakan pelanggaran yang dilakukan kliennya tidak direncanakan secara spesifik.

"Ini adalah kegiatan kriminal yang terorganisir," katanya.

Pembela juga berpendapat bahwa Holt memiliki masalah kesehatan mental yang signifikan, dan telah secara sukarela meninggalkan pekerjaannya di Cotton On dan pindah dengan orang tuanya di Victoria setelah insiden ini untuk mengatasi kesehatannya.

Holt diperintahkan untuk membayar denda sebesar $ 110 atau setara Rp 1 juta rupiah karena memiliki ganja pada saat kejahatan pelemparan telur terjadi.

Menyesal...

ilustrasi telur rebus/Image by Steve Buissinne from Pixabay

Di luar pengadilan Amber Holt mengatakan dirinya sudah pasti sangat menyesal telah melempar telur, dan menggambarkan hukumannya sebagai putusan yang adil.

"Apa yang saya lakukan sangat egois dan bodoh. Saya hanya ingin meminta maaf kepada semua orang yang terlibat. Saya tidak mendorong siapa pun untuk mengikuti apa yang saya lakukan, itu hanya menyebabkan lebih banyak drama,"  kata Amber.

Sambil matanya berkaca-kaca, Amber mengaku dia telah termotivasi untuk melempar telur dengan keinginan untuk menarik perhatian pada nasib para pengungsi di Pulau Manus.

Dia mengatakan bahwa dia dan keluarganya telah menjadi sasaran ancaman sejak insiden itu.

"Perbuatan saya telah menyebabkan banyak penghinaan, banyak ancaman bagi keluarga saya dan orang-orang terkasih (serta) saya sendiri," kata Holt.

"Belum pernah saya mendapat sorotan luar biasa seperti ini dalam hidup saya dan itu bukan hal yang baik."

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Real Madrid, Arsenal Tetap di Puncak Klasemen ICC 2019

Posted: 23 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adu penalti akhirnya terjadi pada International Champions Cup (ICC) 2019. Real Madrid bermain sama kuat dengan Arsenal selama 90 menit di FedExField, Landover, Rabu (24/7/2019) pagi WIB. Begitu pula duel Chivas Guadalajara versus Atletico Madrid di Globe Life Park, Arlington.

ICC memiliki format berbeda dibanding kompetisi lain. Ajang pramusim ini tidak mengenal hasil imbang. Jika kedua tim sama kuat dalam 90 menit, maka pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Pemenang kemudian dihargai dua angka. Sementara tim yang kalah adu penalti menerima satu nilai.

Artinya, Arsenal mendapat satu angka walau tumbang 2-3 (2-2). Begitu pula Chivas yang menyerah 4-5 (0-0).

Tambahan poin tersebut cukup untuk membawa Arsenal memuncaki klasemen sementara ICC. Ada empat tim yang berpotensi menggeser The Gunners. Mereka adalah Benfica, Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Atletico Madrid.

Klasemen Gabungan

Penyerang AC Milan, Fabio Borini (kanan) terjatuh usai dilanggar gelandang Bayern Munchen, Leon Goretzka selama pertandingan International Champions Cup 2019 di Kansas City, Amerika Serikat (24/7/2019). AC Milan kalah tipis 1-0 atas Munchen berkat gol Leon Goretzka. (AP Photo/Orlin Wagner)

Tahun ini ICC menggunakan klasemen gabungan, mengulang edisi 2018. Sebelumnya kompetisi ini memiliki juara di tiap lokasi penyelenggaraan.

Edisi terakhir penerapan format contohnya. Pada 2017, Barcelona jadi juara ICC AS dan Eropa. Sementara Inter Milan berjaya di ICC Singapura.

Sementara ICC Tiongkok tidak berbuah trofi karena enam peserta tidak melakoni jumlah laga sama. Bayern Munchen dan AC Milan bertanding dua kali. Sedangkan Inter Milan, Olympique Lyon, Borussia Dortmund, dan Arsenal cuma bermain sekali.

Klasemen ICC 2019

Posisi-Tim-Main-Menang-Menang Penalti-Kalah Penalti-Kalah-Gol-Poin

1. Arsenal 3 2 0 1 0 7-3 7

2. Bayern Munchen 3 2 0 0 1 5-3 6

3. Benfica 1 1 0 0 0 3-0 3

4. Tottenham Hotspur 1 1 0 0 0 3-2 3

5. Manchester United 1 1 0 0 0 1-0 3

6. Fiorentina 2 1 0 0 1 2-4 3

7. Atletico Madrid 1 0 1 0 0 0-0 2

8. Real Madrid 2 0 1 0 1 3-5 2

9. Chivas 3 0 0 1 2 1-5 1

10. Juventus 1 0 0 0 1 2-3 0

11. AC Milan 1 0 0 0 1 0-1 0

12. Inter Milan 1 0 0 0 1 0-1 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Depan 6.184 CPNS, Wapres JK Ingatkan Semangat Melayani

Posted: 23 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan program presidential lecture kepada para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2018 di Istora Senayan, Jakarta. Ini adalah keduakalinya Kementerian PANRB mengadakan presidential lecture.

Sebanyak 6.184 CPNS Tahun Anggaran 2018 hadir dalam acara yang mulai dibuka pada pukul 09.00 WIB ini.

Presidential lecture kali ini diisi oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), yang menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhalangan hadir lantaran harus menyambut kehadiran rombongan Kerajaan Uni Emirat Arab (UEA) di Istana Bogor.

"Kalian adalah generasi muda yang akan meneruskan tugas-tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS yang telah menjalankan tugas selama berpuluh tahun dan harus pensiun. Jadi kalian harus meneruskan cita-cita mereka," kata JK dalam dalam pidato di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Selain JK, tokoh lainnya yang ikut hadir dalam kesempatan ini antara lain Menteri PANRB Syafruddin, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moloek, dan beberapa duta besar negara sahabat.

JK mengatakan para calon PNS tersebut merupakan orang-orang terpilih, sebab hanya sekitar 3 persen dari seluruh total pendaftar seleksi CPNS 2018 yang berhasil lolos hingga ke tahap akhir.

Dia pun mengingatkan agar para calon abdi negara tersebut terus memegang prinsip untuk mau melayani masyarakat secara maksimal tergantung masing-masing tugas.

"Seorang guru yang diangkat, mengajar dan mendidik generasi muda dengan ikhlas dengan kemampuan yang baik. Seorang pegawai kementerian kesehatan, merawat, mendorong kesehatan jadi lebih baik. Itu melayani," bebernya.

"Semuanya mempunyai tugas-tugas yang beragam untuk kemajuan bangsa ini," tukas dia

991 PNS Pelanggar Netralitas Terancam Sanksi Disiplin

Ilustrasi Foto PNS.  (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN Pasal 49, Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus melakukan pengawasan implementasi manajemen Aparatur Sipul Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), khususnya dalam hal penegakan norma, standar, prosedur, dan kriteria yang melekat pada PNS.

Salah satunya, ketentuan yang menyebutkan bahwa PNS harus menjalankan tugas dan fungsinya tanpa intervensi politik (Pasal 12 UU ASN). Namun kasus keterlibatan PNS dalam aktivitas politik seperti keberpihakan terhadap calon pasangan tertentu masih ditemukan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 sampai Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan, data Kedeputian BKN Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian (Wasdalpeg) menetapkan sebanyak 991 PNS yang terlibat dalam pelanggaran netralitas (data per Januari 2018 s/d Juni 2019). 

Dari total tersebut, 299 PNS sudah diproses sampai tahap pemberian sanksi yang terdiri dari 179 PNS dikenakan sanksi disiplin dan 120 PNS dikenakan sanksi kode etik.

"Adapun 692 sisanya yang belum ditetapkan sanksi masih dalam tahap pemeriksaan dan klarifikasi lebih lanjut dengan pihak instansi masing-masing," jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2019).

Sebelumnya BKN sudah melakukan sinkronisasi data pelanggaran netralitas dengan instansi pemerintah daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten) pada tanggal 4–10 Juli 2019. Mengingat dari total 991 ASN yang terlibat pelanggaran netralitas, 99.5% berstatus pegawai instansi pemerintah daerah.

Ketentuan jenis pelanggaran dan sanksi disiplin untuk PNS yang terbukti melanggar netralitas diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Pelanggaran Pertama

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdapat dua jenis pelanggaran dan hukuman yang dikenakan bagi ASN yang melanggar netralitas. Pertama, jenis pelanggaran netralitas berkategori sanksi hukuman disiplin sedang meliputi:

- Ikut serta sebagai pelaksana kampanye;

- Menjadi peserta kampanye;

- Mengadakan kegiatan yang mengarah keberpihakan terhadap pasangan calon;

- Memberi dukungan kepada calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atau calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah;

- Terlibat kampanye untuk mendukung calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah;

- Mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye meliputi pertemuan, ajakan, imbauan, seruan, atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

Terhadap pelanggaran itu, sanksi yang diterapkan dapat berupa:

- Penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun;

- Penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun; dan

- Penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.

Pelanggaran Kedua

Jika terlibat dalam tim dan kegiatan kampanye, PNS hingga Pejabat Publik terancam kurungan pidana dan denda jutaan rupiah.

Kedua, jenis pelanggaran netralitas yang berkategori hukuman disiplin berat meliputi:

- Sebagai peserta kampanye dengan menggunakan fasilitas negara;

- Membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye;

- Menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye; dan

- Menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

Terhadap pelanggaran itu, sanksi yang diterapkan dapat berupa :

- Penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun;

- Pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah;

- Pembebasan dari jabatan; hingga Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: