Minggu, 07 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


FOTO: Liu Yifei, Aktris Cantik Tiongkok Pemeran Mulan Live Action

Posted: 07 Jul 2019 10:32 PM PDT

Liu Yifei pertama kalinya muncul di layar kaca yaitu dengan membintangi drama The Story Of a Noble Family. Drama tersebut mendapatkan rating yang tinggi pada tahun 2003. (Liputan6.com/IG/yifei_cc)

Liu Yifei pertama kalinya muncul di layar kaca yaitu dengan membintangi drama The Story Of a Noble Family. Drama tersebut mendapatkan rating yang tinggi pada tahun 2003. (Liputan6.com/IG/yifei_cc)

Tidak hanya sebagai seorang artis, Liu Yifei juga memperluaskan karirnya dalam industri musik dengan mengeluarkan single berjudul

Tidak hanya sebagai seorang artis, Liu Yifei juga memperluaskan karirnya dalam industri musik dengan mengeluarkan single berjudul

Berkat aktingnya yang luar biasa, Liu Yifei memenangkan penghargaan Best Actress, 5Th Macau International Movie Festival di tahun 2013 silam. (Liputan6.com/IG/yifei_cc

Berkat aktingnya yang luar biasa, Liu Yifei memenangkan penghargaan Best Actress, 5Th Macau International Movie Festival di tahun 2013 silam. (Liputan6.com/IG/yifei_cc

Liu Yifei kembali mendapatkan penghargaan sebagai Most Popular Actress pada tahun 2016. (Liputan6.com/IG/yifei_cc)

Liu Yifei kembali mendapatkan penghargaan sebagai Most Popular Actress pada tahun 2016. (Liputan6.com/IG/yifei_cc)

Saat ini Liu Yifei tengah disibukkan dalam pembuatan film Mulan Live Action yang akan tayang pada 27 Maret 2020 mendatang. (Liputan6.com/IG/yifei_cc)

Saat ini Liu Yifei tengah disibukkan dalam pembuatan film Mulan Live Action yang akan tayang pada 27 Maret 2020 mendatang. (Liputan6.com/IG/yifei_cc)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Tarif Listrik Seharusnya Turun

Posted: 07 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tarif Tenaga Listrik (TTL) dinilai seharusnya mengalami penurunan. Hal tersebut didorong oleh penguatan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), penurunan harga minyak Indonesia ( Indonesian Crude Price/ICP) dan kestabilan inflasi pada beberapa waktu belakangan ini.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Gajah Mada Fahmi Radhi mengatakan, ada tiga variabel yang dijadikan acuan untuk menetapkan tarif listrik yaitu Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, dan kurs rupiah terhadap dolar AS, serta harga energi primer.

"Penyesuaian tarif listrik otomatis itu berdasarkan variabel penentu tersebut, bisa menyebabkan tarif listrik naik, tetapi bisa pula tarif listrik turun dibanding tarif listrik sebelumnya, tergantung dari besaran variabel penentu tersebut," kata Fahmi, di Jakarta, Senin (8/7/2019).

Menurut Fahmi, jika mencermati Biaya Pokok Produksi (BPP) listrik pada saat ini, semua acuan penentu itu menurunkan besaran BPP listrik. Di antaranya, kurs tengah rupiah terhadap dolar AS selama Juli 2019 cenderung menguat mencapai rata-rata Rp 14.148 per satu dolar AS lebih kuat ketimbang asumsi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 dan RKAP PLN yang ditetapkan sebesar Rp 15 ribu per dolar AS.

ICP juga cenderung turun pada kisaran USD 61 per barel, lebih rendah dibandingkan dengan harga asumsi ICP di APBN yang ditetapkan sebesar USD 70 per barel. Sedangkan inflasi Juli diprediksikan juga rendah, diramalkan hanya 0,12 persen per bulan atau sekitar 3,12 persen secara rahun ke tahun sepanjang 2019.

"Selain ketiga indikator itu, biaya energi primer yang menentukan Harga Pokok Produksi (HPP) listrik cenderung tetap, bahkan beberapa beberapa harga energi primer mengalami penurunan," tambahnya.

 

Selanjutnya

Ilustrasi sutet listrik.

Dia mengungkapkan, berdasarkan kecenderungan penurunan ICP, penguatan kurs rupiah terhadap dolar AS, dan stabilitas inflasi, penurunan harga energi primer, utamanya harga batu bara dan gas, serta efisiensi yang dilakukan PLN selama ini, maka BPP listrik mestinya mengalami penurunan yang signifikan.

Dengan penurunan BPP listrik itu, penetapan tarif dengan menggunakan skema tidak tetap atau adjustment tarif mestinya akan menurunkan tarif listrik pada 2020.

"Turunnya tarif listrik pada 2020 akan memberikan berbagai manfaat bagi konsumen dan perekonomian Indonesia. Beban pengeluaran konsumen akan menurun, sehingga bisa menaikkan daya beli masyarakat, yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," tandasnya.

Pasokan Listrik Jawa Bali Bakal Bertambah 2.000 MW

Pekerja tengah memasang Trafo IBT 500,000 Kilo Volt di Gardu induk PLN Balaraja, Banten, Kamis (16/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik Jawa Bali akan bertambah 2 ribu Mega Watt (MW). Ini seiring dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 7 berkapasitas 2x1000 MW mulai Oktober 2019. Saat ini Pembangunan Pembangkit tersebut sedang dikebut.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto W.S mengatakan, PLTU Jawa 7 yang rencananya akan mulai beroperasi secara komersial untuk mendukung pasokan sistem Jawa - Bali pada Oktober 2019 untuk unit pertama dan April 2020 untuk unit ke dua.

"PLTU Jawa 7 merupakan bagian dari perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35 ribu MW, kita harapkan pengoperasian PLTU Jawa 7 akan menjadi kado bagi masyarakat Indonesia," Kata Haryanto, di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Haryanto melanjutkan, salah satu rangkai pengoperasian PLTU Jawa 7 adalah peresmian terminal batubara. Infrastruktur ini menjadi titik krusial dalam percepatan pembangunan PLTU Jawa 7.

"Dengan adanya terminal batubara ini, maka dapat segera dilakukan berbagai rangkaian performance tes seperti Realibility Run Test, Boiler Test hingga mendapat Sertifikat Laik Operasi (SLO), sehingga mempercepat proses menuju COD," jelas Haryanto.

PLTU Batu Bara Terbesar

PT Pembangkitan Jawa Bali mencetak sejarah dengan menyabet Proper Emas untuk pengelolaan PLTU Paiton unit 1 dan 2  di Probolinggo, Jawa Timur.

PLTU Jawa 7 akan menjadi PLTU Batubara terbesar dan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi boiler Ultra Super Critical (USC), dengan bahan bakar batu bara Low Rank yang memiliki nilai kalor 4000 hingga 4600 kCal per kg, dengan mengkonsumsi sekitar 7 juta ton per tahun bila sudah beroperasi 2 unit.

Teknologi USC dapat meningkatkan efisiensi pembangkit 15 persen lebih tinggi dibandingkan non USC sehingga menurunkan biaya bahan bakar per kWh. Selain itu, PLTU Jawa 7 dalam operasinya menggunakan Sea Water Fuel Gas Desulfurization (SWFGD), sehingga sangat ramah lingkungan karena penyaluran batubara dari tongkang, menggunakan coal handling plant sepanjang 4km sehingga tidak ada batubara yang tercecer hingga coal yard.

PLTU Jawa 7 resmi dimulai Pembangunan fisiknya pada 5 Agustus 2017 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), hingga saat ini progress pembangunan pembangkit unit 1 mencapai 99,08 persen per Mei 2019. Nantinya daya pembangkit akan disalurkan untuk memperkuat sistem interkoneksi Jawa-Bali melalui jaringan Suralaya-Balaraja 500 kV.

Diharapkan segala proses pembangunan PLTU Jawa 7 kedepannya dapat berjalan lancar sehingga mendukung PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik pelanggan sekaligus menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertarik Beli Lukaku, Inter Milan Bakal Lepas Icardi

Posted: 07 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan - CEO Inter Milan Giuseppe Marotta akhirnya buka suara soal perkembangan transfer striker MU, Romelu Lukaku. Ia mengaku masih menunggu hasil negosiasi dengan Setan Merah.

Lukaku sejak akhir musim lalu ingin meninggalkan MU. Ia mengaku tampil kurang konsisten selama di Old Trafford.

Salah satu klub yang tertarik mendatangkannya adalah Inter Milan. Kebetulan, Lukaku juga sangat senang dengan gaya kepelatihan Antonio Conte yang baru gabung dengan Inter.

"Kami bekerja sekeras mungkin untuk mendapatkan skuat terbaik. Jadi sekarang kami sedang bernegosiasi," kata Marotta seperti dilansir Mirror.

"Namun semua hal tidak bisa diselesaikan dengan terburu-buru. Kami juga harus menghormati aspek finansial," ujar Marotta yang juga baru gabung ke Inter Milan.

 

Lepas 2 Pemain

3. Mauro Icardi, menurut Daily Star, akibat gagal mendapatkan Romelu Lukaku membuat pelatih Chelsea, Antonio Conte mengincar bomber Inter Milan ini. Namun untuk mendapatkannya The Blues harus bersaing dengan Napoli juga Arsenal. (AFP/Olivier Morin)

Marotta tak membantah Inter Milan harus menjual pemain dulu sebelum membeli pemain baru. Dan ia menyebut Mauro Icardi serta Radja Nainggolan siap dilepas jika ada tawaran yang cocok.

"Keduanya memang pemain hebat dan bertalenta, namun itu semua tak cukup. Icardi dan Nainggolan bukan bagian dari proyek masa depan kami," ujar Marotta.

"Tetapi kami juga harus menghormati keduanya. Apalagi mereka masih terikat kontrak," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Video Lukaku

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shift Knob Bermasalah, Belasan Ribu Honda CR-V Direcall di Indonesia

Posted: 07 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia, mengumumkan program penarikan kembali atau recall. Penarikan ini, disebabkan oleh bermasalahnya komponen Shift Knob Button untuk Honda CR-V.

Akibat masalah tersebut, pabrikan berlambang huruf H ini bakal melakukan penggantian komponen sebanyak 12.911 unit CR-V model 2017 - 2018.

Hal ini, sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan pada komponen Shift Knob Button yang menyebabkan tuas transmisi tidak bisa berpindah dari posisi P ke posisi lainnya.

"Honda mengimbau kepada konsumen yang mobilnya teridentifikasi dapat menghubungi atau datang ke dealer resmi Honda terdekat untuk mendaftarkan kendaraannya agar dapat segera dilakukan penggantian dengan komponen terbaru, atau menghubungi Honda Customer Care di 0-800-1446-632 (bebas pulsa) dari hari Senin-Jumat, pukul 08.00 s/d 17.30 WIB," tulis Honda dalam pengumumannya melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (8/7/2019).

Sementara itu, proses penggantian komponen Shift Knob Button Honda CR-V akan dilakukan sekitar satu jam, dan tanpa dikenakan biaya apapun.

Informasi Lebih Lanjut

HPM akan mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi.

Setiap pemilik kendaraan juga dapat melakukan pengecekan sendiri, untuk mengetahui apakah mobilnya termasuk kendaraan yang teridentifikasi program penggantian Shift Knob Button dengan membuka link berikut: http://honda-indonesia.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prambanan Jazz Festival 2019 Sukses, Promotor Bidik Norah Jones dan John Legend

Posted: 07 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Prambanan Jazz Festival 2019 sukses digelar. Tulus menjadi penampil terakhir di panggung festival, Minggu (7/7/2019). Sejumlah seleb memuji penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2019--digagas Rajawali Indonesia Communications--yang rapi dan tepat waktu.

Bahkan, Rida Sita Dewi yang tampil pada hari kedua naik panggung 5 menit lebih cepat. CEO Rajawali Indonesia Communications, Anas Syahrul Alimi, menyebut ketepatan waktu ini hasil evaluasi pertunjukkan tahun-tahun sebelumnya. Itu sebabnya setiap konser harus diatur dengan seksama.  

"Dua tahun terakhir Prambanan Jazz Festival diatur show director andal. Dengan manajemen waktu yang mapan, pertunjukan lebih rapi dan nyaman. Orang menonton konser atau festival musik keluar uang banyak maka harus dibuat nyaman," urai Anas kepada Showbiz Liputan6.com

Selain itu, Prambanan Jazz Festival punya standar khusus saat mengundang artis luar negeri. "Minimal nomine Grammy Award atau sangat populer," imbuh Anas seraya bersyukur jumlah penonton Prambanan Jazz Festival 2019 sesuai target, 50 ribu penonton.

 

 

Apresiasi Pecinta Musik

Anggun C Sasmi -Prambanan Jazz 2019

Ini membuktikan antusiasme penonton terhadap seni meninggi. Dampaknya, Prambanan Jazz Festival 2019 menciptakan kemacetan hingga kawasan Janti, sekitar 12 kilometer dari lokasi pertunjukkan.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat jika terjadi kemacetan, tapi ini sekaligus apresiasi besar masyarakat. Bayangkan, 60 persen pengunjung Prambanan Jazz Festival dari luar Yogyakarta. Bahkan, lebih dari 50 persen penonton konser Yanni dari luar negeri. Sampai jam 7 malam, jumlah penonton hari ketiga, 25 ribu orang lebih," urainya.

 

 

Norah Jones hingga John Legend

Yanni di Prambanan Jazz Festival 2019 (Bambang E Ros/Fimela.com)

Anas memastikan Prambanan Jazz Festival kembali digelar tahun depan. Ia berencana mendatangkan dua musikus peraih Grammy. "Tahun depan ingin menghadirkan Norah Jones. Kalau Diana Krall bisa, mestinya Norah Jones bisa," Anas menukas.

Beberapa bulan lalu agen John Legend menghubungi Anas. Sang agen menjajaki kemungkinan John Legend manggung dengan latar candi. "Tapi mengingat bulan depan Westlife ke Indonesia, jaraknya terlalu dekat. Persiapan, kan harus matang. Semoga tahun depan John Legend bisa," tuturnya. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Calon Haji Asal Blora Gagal Berangkat

Posted: 07 Jul 2019 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Pergi haji memang merupakan panggilan Allah SWT. Banyak yang mengatakan, bila sudah diundang Allah untuk beribadah ke Tanah Suci, bagaimana pun caranya pasti akan sampai.

Sebaliknya, apabila belum rezeki, maka ibadah yang diidam-iidamkan itu pun gagal didapatkan. Salah satunya dialami jemaah haji 2019 asal Desa Ngampe, Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang sedianya berangkat ke tanah suci beberapa pekan ke depan.

Dia gagal berangkat lantaran meninggal dunia. H Dwiyanto, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora menyampaikan, calon jemaah haji 2019 tersebut bernama Achmad Muti bin Sahir (64).

Calon haji itu meninggal dunia pada hari Rabu 3 Juli 2019. "Sebetulnya sudah mau berangkat pada 22 Juli mendatang, Mas, tapi Allah berkehendak lain," ungkapnya kepada Liputan6.com, diltulis Senin (8/7/2019).

Dwiyanto menyampaikan, posisi Achmad Muti bin Sahir bisa digantikan calon haji lain ataupun ahli warisnya. Namun, prosesnya pasti membutuhkan waktu lama sementara sang ahli warisnya baru mungkin bisa berangkat pada 2020 mendatang.

"Sesuai ketentuan dari Kemenag RI memang bisa diwariskan, tapi melihat waktunya yang terlalu mepet seperti ini, mungkin ahli waris berangkatnya tahun depan," ungkap dia.

Blora Dua Kelompok Terbang

Kantor Kemenag Rembang

Dwiyanto menambahkan, jemaah haji 2019 Kabupaten Blora terbagi menjadi dua kloter. Untuk kloter 55, Brebes, ada 22 orang dan Blora ada 332 orang.

Sedangkan untuk kloter 56, Rembang 229 dan Blora terdapat 126 orang. "Total jemaah Blora mulanya 458 orang, tapi meninggal satu orang, jadi 457 TPHD 1," jelasnya.

Dua kloter jemaah haji Blora akan berangkat pada Senin, 22 Juli 2019. Dwiyanto menjelaskan, untuk waktunya, kloter 55 masuk pendopo jam 05.30 WIB dan sampai di embarkasi perkiraan jam 11.00 WIB siang.

"Kalau untuk kloter 56 jamnya beda, Mas. Masuk pendopo pukul 13.30 WIB dan sampai di embarkasi perkiraan waktu Isya, sekitar pukul 19.00 WIB," ucapnya.

Dwiyanto pun mengimbau kepada para jemaah haji di mana pun lokasinya, khususnya jemaah calon haji Blora, agar selalu menjaga kesehatan. "Untuk para jemaah haji 2019 Kabupaten Blora, jagalah kesehatannya, terutama menjelang keberangkatan," ia berharap.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transformasi, CMP Record Gandeng Musisi Lintas Generasi

Posted: 07 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Label musik CMP Record mengungkapkan komitmennya di industri musik Tanah Air. Label yang dulunya memproduksi lagu-lagu rohani dan daerah itu, kini menyasar pasar komersial.

Setelah 15 tahun membina sedikitnya 200 artis berdarah Batak, kali ini CMP Record bertransformasi lewat sejumlah artis lintas generasi yang bertalenta. Mulai dari musik pop hingga dangdut akan mewarnai label musik yang berdiri sejak 2004 tersebut.

Untuk memperkenalkan sejumlah artisnya, CMP Record mengemas dalam bentuk konser bertajuk 'Konser Transformasi CMP Lintas Genre' yang digelar di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Perubahan ini dilakukan CMP Record sebagai bentuk komitmennya memajukan industri musik di Tanah Air. "Tema ini merupakan komitmen kami untuk berperan dalam kemajuan musik Tanah Air. Jika sebelumnya kami dikenal sebagai label musik daerah, hari ini kami kenalkan sejumlah musisi dari pop, dangdut hingga lagu anak-anak," ucap pemilik CMP Record, Maulina Silaen.

 

Para musisi CMP Record (istimewa)

Pop-Dangdut

Dio Hapsari (istimewa)

Di kategori musik pop, ada nama Dio Hapsari yang sebelumnya populer sebagai presenter dan host sejumlah program televisi. Dio muncul membawa single bertajuk "Undangan" yang siap membuat baper pendengarnya.

Sedangkan di musik dangdut, nama-nama seperti Diana Putri, Elma Fee, Belista, Evelyn Kremes dan Rifa Melinda menjadi kejutan. Pasalnya, mereka didapuk untuk menyanyikan hit seperti "Goyang Samping", "Cukup Satu Kali", "Baper" dan "Pelan-Pelan Saja".

Rifa Melinda (Istimewa)

Gairah Lagu Anak

Ratu Zia Salsabila (istimewa)

Menariknya, lagu anak-anak juga menjadi perhatian dari CMP Record. Artis cilik Ratu Zia Salsabila baru saja memperkenalkan lagu "Papa Pulang" yang diharapkan bisa membangkitkan lagi gairah musik anak.

"Melihat minimnya lagu-lagu anak saat ini, CMP merasa harus berbuat sesuatu agar anak-anak Indonesia bisa menikmati musik yang memang pantas bagi usia mereka," terang Maulina Silaen.

"Semoga dengan kehadiran para artis CMP ini, dapat menambah referensi musik dan menghibur masyarakat Indonesia. Maju terus industri musik Indonesia," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penjelasan Mahkamah Agung Tolak PK Baiq Nuril

Posted: 07 Jul 2019 10:17 PM PDT

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Ngaro dan Kepala Biro Humas MA Abdullah (kanan) menggelar konferensi pers terkait putusan Baiq Nuril, di Jakarta, Senin (8/7/2019). MA mengatakan Baiq Nuril memiliki hak untuk mengajukan amnesti sesuai UUD 1945. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Ngaro dan Kepala Biro Humas MA Abdullah (kanan) menggelar konferensi pers terkait putusan Baiq Nuril, di Jakarta, Senin (8/7/2019). MA mengatakan Baiq Nuril memiliki hak untuk mengajukan amnesti sesuai UUD 1945. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro memberikan keterangan dalam jumpa pers terkait putusan Baiq Nuril, di Jakarta, Senin (8/7/2019). MA menilai penolakan terhadap Peninjauan Kembali (PK) atas nama Baiq Nuril hanya terkait perkara dugaan pelanggaran UU ITE. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro memberikan keterangan dalam jumpa pers terkait putusan Baiq Nuril, di Jakarta, Senin (8/7/2019). MA menilai penolakan terhadap Peninjauan Kembali (PK) atas nama Baiq Nuril hanya terkait perkara dugaan pelanggaran UU ITE. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro memberikan keterangan terkait putusan Baiq Nuril, di Jakarta, Senin (8/7/2019). MA memahami putusan PK Baiq Nuril menuai pro-kontra namun, menolak jika putusan PK Baiq dianggap Ombudsman RI berpotensi maladministrasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro memberikan keterangan terkait putusan Baiq Nuril, di Jakarta, Senin (8/7/2019). MA memahami putusan PK Baiq Nuril menuai pro-kontra namun, menolak jika putusan PK Baiq dianggap Ombudsman RI berpotensi maladministrasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Ngaro dan Kepala Biro Humas MA Abdullah (kanan) menggelar konferensi pers terkait putusan Baiq Nuril, di Jakarta, Senin (8/7/2019). MA mengatakan Baiq Nuril memiliki hak untuk mengajukan amnesti sesuai UUD 1945. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Ngaro dan Kepala Biro Humas MA Abdullah (kanan) menggelar konferensi pers terkait putusan Baiq Nuril, di Jakarta, Senin (8/7/2019). MA mengatakan Baiq Nuril memiliki hak untuk mengajukan amnesti sesuai UUD 1945. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bos Huawei Ungkap Performa Hongmeng OS Paling Hits

Posted: 07 Jul 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, founder dan CEO Huawei Ren Zhengfei mengungkap kemampuan sistem operasi buatan mereka sendiri, yakni Hongmeng.

Ia menyebutkan, Hongmeng OS memiliki kemampuan yang lebih cepat dari MacOS milik Apple.

Berita di atas, menjadi berita terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (8/7/2019).

Dua berita lain yang tak kalah menariknya, termasuk Huawei mengajukan paten UI untuk kamera di bawah layar, dan Xiaomi segera luncurkan Android One berkamera 48MP.

Tanpa panjang lebar lagi, simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Bos Huawei Sebut Hongmeng OS Lebih Cepat dari Android dan MacOS

Pemimpin Huawei: Ren Zhengfei. Dok: Time

Sejak masuk dalam daftar hitam perdagangan Amerika Serikat, Huawei disebut-sebut sudah menyiapkan sejumlah rencana antisipasi.

Salah satunya adalah mengembangkan sistem operasi sendiri mengingat Google selaku pengembang Android sudah memutus hubungan bisnis.

Oleh sebab itu, beberapa bulan terakhir, Huawei santer dilaporkan sedang menyiapkan sistem operasi sendiri yang diberi nama Hongmeng OS. Informasi seputar sistem operasi ini pun sudah kerap diumbar oleh pihak Huawei.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Huawei Ajukan Paten UI untuk Kamera di Bawah Layar

Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

Huawei dilaporkan tertarik dengan desain kamera di bawah layar. Menurut laporan, perusahaan tersebut telah mengajukan paten untuk user interface (UI) dan bagaimana area di sekitar kamera akan digunakan.

Dilansir GSM Arena, Minggu (7/7/2019), Huawei menyiapkan sejumlah solusi untuk area tersebut. Salah satu gambar paten memperlihatkan kondisi ketika pengguna melakukan panggilan.

Selain itu, juga ada gambar yang memperlihatkan informasi tentang panggilan telepon ketika keluar dari aplikasi Caller.

Selengkapnya baca di sini

3. Xiaomi Kembangkan Smartphone Android One Berkamera 48MP, Mi A3?

Logo Xiaomi (Foto: Agustin Setyo Wardani / Liputan6.com)

Masih ingat dengan Mi A2, smartphone berbasis Android One milik Xiaomi?

Hadirkan OS Android stock, hardware kelas atas, dan harga terjangkau, wajar bilamana banyak penggemar setia Xiaomi (atau dikenal dengan Mi fans) menunggu lini penerus Mi A2.

Beruntung, harapan dan doa banyak Mi fans di berbagai negara mungkin bakal segera terjawab. Baru-baru ini, sebuah laporan tentang perangkat Android One milik Xiaomi muncul di internet.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah Seiring Kemungkinan Batalnya Pemangkasan Bunga The Fed

Posted: 07 Jul 2019 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), bergerak melemah pada perdagangan di awal pekan ini. Nilai tukar rupiah melemah seiring kemungkinan tidak diturunkannya suku bunga Bank Sentral AS.

Mengutip Bloomberg, Senin (8/7/2019), rupiah di buka di angka 14.116 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.082 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.116 per dolar AS hingga 14.155 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,84 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.147 per dolar AS, tak berbeda jauh jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.148 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah melemah seiring kemungkinan tidak diturunkannya suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed).

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, data ketenagakerjaan non pertanian AS yang meningkat membuat ekspektasi turunnya suku bunga mengecil.

"Kenaikan ini membuat ekspektasi pasar ketenagakerjaan AS masih kuat dan masih tumbuh solid, yang bisa membuat the Fed tidak turunkan suku bunga sesuai ekspektasi pasar yaitu dua kali hingga akhir tahun 2019," ujar Lana dikutip dari Antara.

Tingkat pengangguran AS naik menjadi 3,7 persen pada Juni 2019 dari sebelumnya 3,6 persen dan di atas ekspektasi pasar 3,6 persen. Tingkat pengangguran 3,6 persen merupakan yang terendah dalam 49 tahun terakhir.

Namun demikian pertumbuhan data ketenagakerjaan untuk sektor non pertanian naik sebesar 224.000, jauh di atas ekspektasi pasar sebesar 160.000.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Nyata Rayakan Hari Tanpa Kantong Sedunia Bersama Siswa SMA di Indonesia

Posted: 07 Jul 2019 10:11 PM PDT

Jakarta Merayakan Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia berbagai kegiatan dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari pemerintah hingga individu-individu yang sadar akan kelestarian lingkungan. Langkah kecilnya dan nyata bisa dimulai dari diri sendiri yaitu dengan membawa tumbler dan peralatan makan sendiri dari rumah, bisa mengurangi sampah plastik.

Langkah menjaga lingkungan juga dilakukan secara nyata oleh brand kecantikan, The Body Shop. Secara berkelanjutan, The Body Shop telah melakukan pogram-program yang ramah lingkungan. Kali ini, untuk merayakan Hari Tanpa Plastik Sedunia, The Body Shop menggandeng Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP).

The Body Shop memberikan donasi yang dikumpulkan melalui penggalangan dana dari pelanggan The Body Shop melalui kasir di seluruh toko di Indonesia dalam periode 7 Februari - 17 April. Donasi sejumlah Rp477.632.706 diberikan untuk mendukung Envirochallenge.

"Kami sangat berterima kasih pada pelanggan The Body Shop yang selama ini menunjukkan kepercayaan dengan mendukung setiap program yang kami jalankan. Begitu juga pada program donasi untuk Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik untuk mengatasi permasalahan sampah plastik," kata Mira F. Soetjipto Human Capital Director The Body Shop Indonesia kepada Fimela, Kamis (4/7).

Envirochallenge adalah program pendidikan yang mendorong sekolah tingkat SMA dan sederajat untuk menemukan masalah lingkungan, terutama polusi plastik di sekolah mereka dan menciptakan program sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Program ini telah berlangsung setiap tahunnya mulai dari tahun 2016. Untuk tahun ini, GIDKP bermitra dengan The Body Shop.

 

Kerja sama The Body Shop dan GIDKP

"Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dan The Body Shop Indonesia sudah bekerja sama sejak awal kami berdiri berdiri, yaitu di tahun 2013. Kami sudah sering melakukan kegiatan bersama dan saat ini kami bersama-sama sedang bekerja sama dalam program Envirochallenge," kata Tiza Mafira Direktur Eksekutif GIDKP.

 

Target Envirochallenge tahun 2019

Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016, Envirochallenge telah diikuti oleh 40 sekolah dengan keterlibatan lebih dari 900 siswa dan 16 program yang diberi dana bantuan di kawasan Jabodetabek, Bandung Raya, dan Bali. Di tahun ini, GIDKP mempunyai target 35 sekolah dengan keterlibatan 800 siswa, dan 10 program yang diberi dana bantuan dalam Envirochalenge ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jemaah Haji Asal Solo Meninggal Dunia di Pesawat

Posted: 07 Jul 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anggota jemaah haji Indonesia asal Embarkasi Solo meninggal dunia di dalam pesawat saat menuju ke Tanah Suci. Calon haji tersebut wafat karena serangan jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhan Ryamizard Dukung Pati TNI Jadi Pimpinan KPK

Posted: 07 Jul 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mendukung langkah Staf Khusus KSAU Marsekal Muda TNI Dwi Fajariyanto mendaftar sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019 sampai dengan 2023.

Hal ini disampaikan Ryamizard usai menjadi pembicara dalam acara Indonesia International Defense Science Seminar (IIDS) 2019 di Jakarta.

"Itu kan enggak ada larangan. Kalau tidak ada larangan, boleh-boleh saja. Kecuali, tidak boleh maka tidak boleh," kata Ryamizard seperti dilansir dari Antara, Senin (8/7/2019).

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini menegaskan bahwa selama tidak ada larangan, maka ia mempersilakan perwira tinggi (pati) TNI mendaftar sebagai capim KPK.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna sebelumnya mendukung langkah Staf Khusus KSAU Marsekal Muda TNI Dwi Fajariyanto yang mendaftar seleksi capim KPK.

Yuyu pun memastikan, langkah tersebut sudah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, baik di internal TNI maupun aturan KPK.

Menurut Yuyu, Dwi Fajarianto akan memasuki masa pensiun pada September mendatang. Dengan demikian, anak buahnya bisa melanjutkan kariernya di tempat yang baru.

"Tugas di angkatan udara tinggal beberapa bulan lagi yang bersangkutan ingin mendaftar, ya, sudah memang haknya," kata Yuyu usai peresmian monumen pesawat F-5 Tiger, di Taman Lalu Lintas, Kota Bandung, Jumat 5 Juli 2019.

Ia juga menuturkan bahwa anak buahnya itu telah berkomunikasi dengan dirinya. Yuyu berharap Dwi Fajar bisa terpilih dan mewarna pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Sudah komunikasi. Saya harap tentunya kami punya di sana (KPK). Tidak hanya TNI Angkatan Udara. Harapan saya bisa terpilih dan bisa mewarnai di KPK," ujarnya.

384 Pendaftar

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemprov Papua merupakan daerah yang memiliki risiko korupsi tertinggi dengan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, pansel capim KPK resmi menutup pendaftaran calon komisioner lembaga antirasuah baik secara online ataupun langsung. Pendaftaran ditutup pada Kamis 4 Juli 2019, pukul 23.59 WIB.

Anggota Pansel KPK Hendardi mengatakan, hingga pendaftaran ditutup, total ada 384 orang yang mendaftar seleksi capim KPK. Data tersebut belum digolongkan berdasarkan profesi pendaftar.

"Sampai jam 23.59 tadi malam, batas akhir pendaftatan via email jumlah pendaftar mencapai 384 orang. Data belum di verifikasi penggolongan profesi dan lain-lain," kata Hendari kepada Liputan6.com, Jumat 5 Juli 2019.

Dia memastikan, tidak ada perpanjangan pendaftaran untuk seleksi capim KPK periode 2019-2023. Pansel menilai jumlah tersebut sudah melebihi target. Terlebih, hanya ada 10 nama yang akan diserahkan kepada Presiden Jokowi.

"Pansel sudah putuskan bahwa tidak ada perpanjangan," ucap Hendari.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pencarian Helikopter TNI Libat Pesawat Patroli Maritim

Posted: 07 Jul 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah lebih dari 10 hari TNI belum menemukan Helikopternya yang hilang di Papua. Pangdam XVII Cendrawasih Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring bertekad terus melakukan pencarian, saat ini pencarian menggunakan pesawat patroli maritim CN-235.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Adik Eks Mendagri Gamawan Fauzi soal Kasus e-KTP

Posted: 07 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Direktur PT Gajendra Adhi Sakti, Azmin Aulia. Adik dari mantan Mendagri Gamawan Fauzi tersebut akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, pemanggilan ulang itu dikarenakan Azmin sempat mangkir dalam pemeriksaan pada 1 Juli 2019.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MN (Markus Nari)," kata Febri saat dikonfirmasi, Senin (8/7/2019).

Selain Azmin, Febri menyebut pihaknya juga memanggil saksi lainnya, yakni Asisten Manager Keuangan dan Akuntansi PT Sandipala Arthaputra, Fajri Agus Setiawan.

"Pemeriksaan saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka MN," kata Jubir KPK ini.

Markus Nari

Anggota DPR RI nonaktif Markus Nari tersenyum saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Markus diperiksa terkait dugaan korupsi pengadaan E-KTP sedangkan Kayat terkait suap memengaruhi vonis bebas sudarman yang menjadi terdakwa kasus pemalsuan surat.(merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, KPK menetapkan Markus Nari sebagai tersangka dalam kasus e-KTP. Markus diduga memperkaya diri sendiri, orang lain maupun perusahaan atas kasus e-KTP.

Oleh karena itu, penyidik mengenakan Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Ini merupakan status tersangka kedua bagi Markus. Markus Nari juga dijadikan tersangka dalam kasus merintangi proses hukum. Markus diduga menekan mantan anggota Komisi II DPR Miryam‎ S Haryani agar memberikan keterangan tidak benar pada persidangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segarkan dan Lindungi Wajah dari Sinar UV dengan Face Mist Ini

Posted: 07 Jul 2019 10:05 PM PDT

Jakarta Polusi yang terjadi di ibu kota bisa membahayakan kesehatan, khususnya kulit. Untuk melindungi kulit wajah dari polusi dan bahaya sinar UV, kamu perlu melakukan menjaganya dengan perawatan khusus.  Selain dengan menggunakan sunscreen, kamu bisa melindungi kulit wajah dengan face mist dengan kandungan sunscreen di dalamnya.

Face mist terbaru dari The Body Shop bisa menjadi salah satu pilihan. Lindungi kulitmu dari bahaya sinar UV dan polusi udara dengan Skin Defence Multi-Protection Face Mist yang dilengkapi dengan SPF 45 PA++.

Hadir dengan format cloud-like mist yang mudah diaplikasikan dan terasa ringan pada kulit, serta diperkaya dengan red algae extract dan vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Kemasannya yang praktis juga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Ada tiga manfaat dari Skin Defence Multi-Protection Face Mist dari The Body Shop ini yang bisa kamu rasakan. Sebagai perlindungan kulit dari polusi dan sinar UV, bisa juga digunakan sebagai setting makeup, dan terakhir dapat mencerahkan kulit wajah.

1. Multi-Protection: Sun Protection dan anti-polution

Mungkin kamu mengira kalau sun protection hanya perlu digunakan saat ke pantai atau liburan ke pegunungan saja, tetapi nyatanya bahaya sinar UV A dan UV B juga ada di sekitarmu, bahkan di dalam ruangan sekali pun!

Oleh karena itu, menggunakan sun protection adalah rutinitas yang wajib kamu lakukan setiap pagi sebelum beraktivitas. Tidak hanya untuk melindungi dari sinar UV A dan UV B, face mist ini juga menjagamu dari polusi udara yang dapat membuat kulitmu kusam.

 

On The Go dan dapat digunakan setelah makeup

2. On The Go dan dapat digunakan setelah makeup

Idealnya, sun protection sebaiknya diaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali untuk perlindungan yang maksimal dari sinar UV A dan UV B. Tapi, bagaimana kalau kamu sudah menggunakan make-up?

Jangan khawatir, dengan format mist, face mist ini mudah digunakan di atas makeup, seperti untuk touch up, tanpa mengganggu tampilan makeup kamu. Selain itu, kemasannya juga travel friendly dan mudah kamu bawa ke mana-mana.

 

Melindungi sekaligus mencerahkan kulit

3. Melindungi sekaligus mencerahkan kulit

Face mist ini merupakan pilihan chemical sunscreen yang dilengkapi dengan red algae extract dan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulitmu. Serta, diperkaya Community trade marula oil dari Namibia untuk menjaga kelembapan kulit. Jadi kamu bisa menjaga kulit dari sinar UV dan polusi sekaligus juga mencerahkannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Ide Dekorasi Ruang Tamu yang Stylish dan Bikin Nyaman

Posted: 07 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai ruangan pertama yang dilewati ketika masuk, ruang tamu dapat memberikan kesan kuat terhadap kenyamanan rumah Anda. Yuk, lihat 3 inspirasi dekorasi ruang tamu untuk rumah Anda.

Dekorasi  Atmosfer Pantai yang Segar

Ilustrasi dekorasi bernuansa pantai yang segar.

Agar ruang tamu memiliki suasana nyaman seperti di pantai , pertama pilih warna putih pada dinding dan sofa. Lalu pilih juga meja dengan tampilan unik, berbahan kayu misalnya. Untuk kursi kamu bisa memilih yang berbahan rotan.

Selain itu, kamu perlu mendekor pencahayaan dengan warna natural. Tak lupa sofa tropis modern bisa dipilih dan mampu menjadi ruang tamu bergaya Atmosfer Summer. Dan tentu memberikan kesan nyaman bagi para tamu yang datang.

Stella Matic Parfum'ist Dream Island.

Agar maksimal, gunakan Stella Matic Parfum'ist Dream Island dengan desain elegan yang bisa melengkapi komponen dekorasi interior ruang tamu Anda sekaligus memberikan wangi segar yang dapat membawa suasana pantai ke dalam rumah. Seru kan, sekarang Anda tidak perlu jauh jauh ke pantai untuk mendapatkan suasana segarnya!

Dekorasi Atmosfer Ala Kafe

Ilustrasi dekorasi ruangan bernuansa ala Kafe.

Bagi kamu tipe orang yang suka kongkow atau bercengkerama dengan banyak orang mendekorasi ruangan menjadi nyaman adalah hal mutlak. 

Untuk mendekorasi ruang tamu, kamu perlu warna putih pada dinding. Pakai kursi kayu panjang atau kursi dengan bantal yang empuk. Sertakan pula pajangan pada ruang tersebut, lukisan misalnya. Kamu juga bisa tambahkan karpet pada ruangan tersebut. 

Agar betah sembari kongkow, kamu bisa gunakan Stella Matic Parfum'ist Caffe Latte. Pengharum ruangan yang memiliki desain modern dan menawan juga wangi kopi yang menenangkan dan menghangatkan suasana. Pasti bikin tamu-tamu semakin betah bercengkrama di rumah kamu!

Stella Matic Parfum'ist Caffe Latte.

Dekorasi Atmosfer  Floral

Ilustrasi dekorasi ruangan bernuansa floral.

Untuk menjadikan ruang tamu bernuansa Atmosfer Floral tambahkan sofa bergaya minimalis serta dengan paduan warna cokelat. Kamu bisa mentata sebuah foto keluarga hitam putih dilengkapi pencahayaan lampu kuning.

Stella Matic Parfum'ist Perfect Summer.

Untuk dinding, kamu bisa aplikasikan dengan warna dinding yang natural. Biasanya dicat warna putih dengan jendela agar mendapatkan pencahayaan. Tambahkan juga beberapa pot kecil berisi bunga segar di sudut ruangan. Untuk menambah kesegaran, maksimalkan desain interior  kamu dengan menggunakan Stella Matic Parfum'ist Perfect Summer. Pengharum ruangan dengan desain elegan yang cocok menjadi centrepiece di ruangan kamu, dengan wangi bunga segar bagaikan di padang bunga. 

Ayo coba deh!

 

(Adv)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Minta Jokowi Pertimbangkan Pemberian Amnesti ke Baiq Nuril

Posted: 07 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mempertimbangkan pemberian amnesti pada terpidana pelanggaran Undang-Undang ITE Baiq Nuril. Sebab, dia menilai Baiq Nuril juga menjadi korban dalam kasusnya.

"Kami dari DPR melihat kasus ini ada baiknya presiden bisa mempertimbangkan untuk memberikan amnesti pada Baiq Nuril karena dalam tanda petik kami melihat dia ini adalah korban sehingga perlu lebih jeli lagi upaya hukum untuk melihat kasusnya ini," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menuturkan, kasus itu harus dilihat lebih jeli secara lebih. Maka dari itu, lanjutnya tidak ada salahnya jika Jokowi mempertimbangkan pemberian amnesti.

"Tidak ada salahnya kalau presiden memberikan pertimbangan untuk memberikan pengampunan kepada warga negara kita yang bernama Baiq Nuril," ungkapnya.

Terkait perlu tidaknya evaluasi Undang-Undang ITE Bamsoet tidak bicara banyak. Dia mengaku akan meminta masukan terlebih dahulu.

"Ya ini harus dilihat kasus per kasus dan nanti kita minta kajian dari berbagai pihak apakah UU ITE ini yang sudah berlaku ini perlu di evaluasi lagi, dan revisi ya sangat tergantung kepada dinamika yang ada di masyarakat," ucapnya.

Harapan pada Jokowi

Sebelumnya, Baiq Nuril Maknun menaruh harapan besar kepada Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan keadilan. Hal itu terlihat dari surat untuk Jokowi yang ditulis tangan oleh Baiq Nuril.

Dalam surat yang beredar luas itu, Baiq Nuril berharap Presiden memberikan amnesti kepada dirinya. Sebab, itu merupakan harapan terakhir Baiq Nuril setelah upaya Peninjauan kembali (PK) ditolak Mahkamah Agung (MA).

"Salam hormat untuk Bapak Presiden. Bapak Presiden PK saya ditolak. Saya memohon dan menagih janji bapak untuk memberikan amnesti, karena hanya jalan ini satu-satunya harapan terakhir saya. Hormat saya, B. Nuril Maknun," tulis Baiq Nuril pada sebuah kertas dilansir Liputan6.com, Sabtu (6/7/2019).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggah Gambar 'Ular Raksasa Penyebab Gempa Bumi', Pria China Diringkus Polisi

Posted: 07 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Seorang pria di China diringkus polisi usai mengunggah gambar ular raksasa di akun media sosialnya. Ia menyebarkan desas-desus, reptil itu adalah naga yang mungkin menyebabkan gempa bumi pada bulan lalu di Provinsi Sichuan.

Polisi di Yibin --tempat 13 orang tewas akibat gempa magnitudo 6 yang melanda pada 17 Juni-- mengungkap tersangka berusia 50 tahun. Terduga pelaku yang diidentifikasi sebagai Zhang, ditahan pada Rabu di Chongqing, China sebagaimana dikutip dari The Star, Senin (8/7/2019).

Penahanan Zhang dilakukan setelah satuan tugas dibentuk untuk menyelidiki rumor naga dengan wujud ular yang diedit sedemikian rupa. Desas-desus itu disebut telah "menarik banyak perhatian dan menyebabkan kepanikan besar," kata polisi dalam sebuah pernyataan di Weibo, platform mirip Twitter China.

Bagaimana Gambar yang Diunggah?

Gambar ular raksasa yang diunggah telah diedit dengan buruk. Dalam foto itu tampak seekor ular besar muncul dari lereng bukit. Sementara ratusan orang dengan santai menontonnya.

Tulisan dalam unggahan itu berbunyi, "Seekor naga raksasa berukuran 390 meter dengan diameter 1,5 meter melompat keluar dari air sore ini, menarik perhatian ribuan orang."

"Para ahli telah terbang ke tempat ini dan dikatakan bahwa naga itu memiliki hubungan dengan gempa bumi."

 

Gambar ular hoax yang diedit dengan buruk oleh Zhang, kemudian digunakan untuk menyebarkan desas-desus (Weibo)

Rumor atau Tes IQ?

Terlepas dari kualitas manipulasi digital yang buruk, Zhang berhasil mengecewakan setidaknya satu wanita, yang yakin ular itu nyata setelah diperlihatkan gambar oleh cucunya.

Polisi mengatakan Zhang telah meminta maaf atas kekesalan yang ditimbulkan dan mengatakan dia datang dengan ide "naga" setelah menemukan gambar ular yang sudah dimanipulasi itu secara online. Itu "hanya untuk sedikit bersenang-senang," katanya.

Sementara gambar itu mungkin membodohi seorang wanita tua, beberapa lainnya seperti tidak bisa ditipu.

"Saya pikir pria itu salah paham seperti apa rupa naga," kata seorang pengguna Weibo.

"bukan rumor. Ini adalah tes IQ," kata yang lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Rapper Rich Brian Saat Temui Jokowi di Istana Bogor

Posted: 07 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rapper muda berbakat Tanah Air, Rich Brian bertandang ke Istana Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 7 Juli 2019. Kedatangan pelantun Glow Like Dat tersebut disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Potret hangatnya keakraban bersama Rich Brian dibagikan melalui akun Instagram resmi Jokowi. Rapper yang berkarier di Amerika Serikat itu terlihat bersalaman dengan Jokowi dan keduanya tersenyum semringah.

Pada kesempatan itu, Rich Brian tampil rapi dalam balutan kemeja bermotif tenun dengan paduan warna gelap yang apik. Ia melengkapi penampilan dengan celana panjang hitam.

Sementara, Jokowi seperti biasa tampil dengan gaya khasnya yakni mengenakan kemeja putih dengan lengan yang digulung serta celana panjang hitam serta tatanan rambut yang rapi.

"Kenal Rich Brian — rapper yang jadi artis Asia pertama yang mampu memuncaki tangga album iTunes untuk musik hip hop? Nama sebenarnya Brian Imanuel Soewarno. Ia memang anak muda asal Indonesia yang membanggakan kita." tulis Jokowi dalam kolom keterangan potret yang diunggah Minggu, 7 Juli 2019.

Jokowi juga menyampaikan rapper Rich Brian yang tercantum dalam Forbes 30 Under 30: 2018 ini bertandang ke Istana Bogor dan mereka membahas soal karier Brian juga industri musik Indonesia.

Antusiasme Rich Brian Bertemu Jokowi

Rich Brian (Galih W. Satria/dok. Bintang.com)

Rich Brian tidak dapat menutupi rasa antusiasmenya ketika mendapat kesempatan untuk bertemu Jokowi. Ia turut mengunggah potret kebersamaan tersebut lewat akun Instagram.

"Thank u mr. president @jokowi we look cute," tulis rapper berusia 19 tahun itu di kolom keterangan potret.

Kebersamaan sang rapper dengan Jokowi sukses menyita atensi khalayak luas khususnya di media sosial. Banyak pula pesohor yang menyampaikan rasa kagum mereka pada Brian.

"KEREN YEN!!!," tulis beauty vlogger Cindercella. "COLAB!!," komen produser Einer Bankz. "Power moves," tulis rapper Ariel Nayaka. Bahkan, duo DJ dari Belanda, Yellow Claw menyertakan emoji 3 api di kolom komentar.

Sementara, rapper Rich Brian kian dikenal luas setelah singlenya bertajuk Dat $tick diluncurkan pada Maret 2016 lalu. Pria kelahiran 3 September 1999 ini menapaki jejak karier di Negeri Paman Sam dengan bergabung di label 88rising.

Ia telah meluncurkan debut album bertajuk Amen pada 2 Februari 2018 yang berisi 14 track. Rich Brian juga akan merilis album kedua bertajuk The Sailor pada 26 Juli 2019 mendatang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Mudah Mengunci PC dan Laptop Berbasis Windows 10

Posted: 07 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang akan kamu lakukan saat meninggalkan laptop atau PC Windows 10 untuk beberapa waktu, tetapi tidak ingin mematikannya?

Beberapa orang mungkin bakal sing out dari Windows 10 untuk mematikan layar, tetapi dengan cara ini aplikasi yang sedang kamu buka harus ditutup.

Namun, mengunci PC atau laptop kamu dapat membuat aplikasi yang sedang digunakan tetap aktif saat layar mati.

Sekadar tips, kamu sebaiknya menggunakan kata sandi atau menambahkan opsi Sign In sehingga PC dan laptop akan terlindungi.

Dikutip dari CNET, Senin (8/7/2019), berikut ini adalah cara mudah mengunci PC dan laptop Windows 10.

1. Tombol Windows + L

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol Windows di keyboard dan L secara bersamaan.

Dengan cara ini, kamu dapat menutup layar dengan cepat dan mudah sekali.

2. Ctrl-Alt-Delete dan Enter

Ini merupakan salah satu cara paling sering digunakan oleh pemilik laptop atau PC berbasis Windows 10.

Tekan dan tahan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Alt+Delete secara bersamaan, setelah itu tekan Enter.

 

3. Menu Start

Windows 10, (gettyimages)

Untuk yang satu ini, kamu harus menekan tombol "Start", pilih ikon profile akun Windows, dan klik "Lock Screen".

4. Auto Lock via Screen Saver

Selain ketiga cara di atas, kamu bisa mengunci laptop dan PC secara otomatis melalui screen saver.

Caranya, pergi ke Control Panel> Appearance & Personalization> lalu Change Screen Saver. Kemudian , entang kotak untuk di Resume pada tampilan layar masuk.

Kamu juga bisa menetapkan waktu berapa lama layar PC menunggu sebelum memulai screen saver.

Ketika keluar dari screen saver, kamu harus memasukkan kata sandi untuk kembali.

(Linda Fahira Putri/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biji Kopi Bisa Hilangkan Bau Bensin di Kabin Mobil

Posted: 07 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bau bensin di kabin mobil bisa menimbulkan perasaan tak nyaman dan mual.

Untuk menghilangkan aroma bensin di kabin ini ternyata cukup mudah. Bahkan kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Melansir Suzuki Indonesia, hal yang paling penting adalah mencari sumber aroma bensin itu.

Bisa coba cek di karpet mobil dan bagian lainnya. Jika sudah menemukan sumbernya, bisa langsung membersihkannya atau mencucinya jika memang bisa dicuci.

Tapi bau masih ada? Coba letakkan beberapa biji kopi di bagian bawah jok atau di dalam mobil kemudian tinggalkan dalam waktu sekitar satu pekan. Kopi diyakini mampu menyerap segala sesuatu yang berhubungan dengan aroma tak sedap, termasuk bensin.

Baking Soda

Supaya semakin nyaman, penetralisir aroma tak sedap lainnya adalah baking soda. Cukup taburkan di beberapa bagian mobil lalu diamkan semalaman. Pada keesokan harinya, bagian yang ditaburi tersebut dibersihkan dan aroma bensin akan hilang. 

Jika tak memiliki bahan-bahan tersebut, Anda bisa membiarkan kaca mobil terbuka selama 24 jam. Dengan begitu udara di dalam mobil akan terus bersirkulasi. Tapi cara ini bisa dilakukan jika Anda yakin soal keamanan mobil ya. Kalau enggak yakin, lebih baik jangan dilakukan.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misofonia, Kondisi Langka yang Cemas Bila Dengar Orang Makan

Posted: 07 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendengar orang mengunyah permen karet, kerupuk atau suara menyeruput kopi bisa membuat orang dengan misofonia terganggu.

Misofonia juga dikenal sebagai Selective Sound Sensitivity. Ini adalah respons emosional atau fisiologis yang kuat terhadap bunyi-bunyi tertentu yang biasanya dihasilkan oleh manusia.

Jadi, bunyi orang menggigit makanan renyah, menjentikkan jari, atau bahkan bernafas, dianggap sebagai gangguan yang tak tertahankan.

Reaksi yang paling umum dari penderita misofonia saat mendengar bunyi-bunyi tertentu adalah tidak suka atau marah. Namun, penderita misofonia juga bisa mengalami masalah psikologis seperti kecemasan dan rasa jijik.

Reaksi itu terkadang diikuti dengan pelepasan adrenalin. Kondisi itu menyebabkan jantung berdebar, badan gemetar, berkeringat berlebihan, hingga meningkatnya denyut nadi. Ini akan membuat semua yang dianggap biasa oleh kebanyakan orang, menjadi sesuatu yang tak tertahankan bagi penderita misofonia.

Tak mau mendengarkan orang lain

Hidup dengan Misofonia

Salah satu penderita misofonia adalah Margot Noel dari Inggris. Kisah hidupnya bersama misofonia didokumentasikan oleh BBC.

Margot sendiri tidak ingat sejak kapan dia menderita misofonia. Dia hanya tahu tidak suka atau benci dengan bunyi-bunyi tertentu.

Beberapa bunyi tersebut di antaranya suara orang berbisik. Bunyi klik pena saat ditekan dan bunyi krek saat jari-jari ditarik atau ditekuk.

 

 

Penulis: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tips Hadapi Masalah Kulit Saat Musim Kemarau Tiba, Cobain Deh

Posted: 07 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musim panas di beberapa negara atau musim kemarau di Indonesia umumnya memiliki suhu yang tinggi. Suhu dan keadaan tersebut dapat berpengaruh pada berbagai hal termasuk timbulnya masalah kecantikan.

Di beberapa negara, musim panas telah berlangsung di bulan Juli. Di Indonesia, Juli pun telah memasuki musim kemarau. Melalui websitenya, BMKG memperkirakan puncak musim kemarau mayoritas terjadi bulan Agustus, dan di beberapa kawasan terjadi bulan Juli dan bulan lainnya.

Oleh karena itu, perlu ada persiapan sebelum merasakan panasnya suhu musim kemarau. Hal ini karena beberapa masalah dapat muncul akibat suhu dan keadaan yang panas ini. Salah satunya masalah kecantikan.

Dilansir dari Brightside.me, berikut ada beberapa masalah kecantikan yang biasa muncul saat suhu panas dan solusinya.

1. Keringat

Ilustrasi

Udara panas saat musim ini dapat membuat kita lebih berkeringat. Keringat berlebih dapat membuat tidak nyaman. Untuk mengatasi ini, khususnya keringat di ketiak, kamu bisa menggunakan deodoran dengan tepat. Gunakan deodoran saat malam sebelum tidur agar ada cukup waktu untuk bahan deodoran bekerja. Pemakaian saat pagi akan membuat deodoran segera terhapus keringat sehingga kurang berpengaruh.

Kamu juga perlu menghindari makanan pedas, alkohol, dan kopi. Ini karena makanan dan minuman ini akan membuat tubuh sama-sama bereaksi menjadi lebih panas.

Bahan alami untuk mengatasi masalah keringat juga dapat menggunakan cuka apel. Caranya gunakan cuka apel di area yang sering berkeringat. Gunakan pada malam hari dan bilas di pagi hari.

2. Sengatan sinar matahari

Ilustrasi Sunscreen | unsplash.com

Terik matahari juga menjadi masalah di musim ini. Untuk mengatasinya, gunakan sunscreen (tabir surya) untuk melindungi kulitmu dari UVA dan UVB. Kamu perlu menggunakan sunscreen 30 menit sebelum terkena sinar matahari.

Jika kamu terlalu lama terkena matahari, jangan hanya menggunakan sunscreen, tapi gunakan juga pakaian yang menutupimu dari sinar matahari.

3. Makeup yang luntur

Sumber: Sumber: Brightside.me copyright Depositphotos.com

Makeup luntur karena suhu yang panas tentu akan sangat mengganggu penampilan. Tips untuk mengatasi masalah ini yaitu memijatkan es balok secara perlahan di wajah dan leher.  Lakukan hal ini sebelum menggunakan makeup.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan makeup yang lebih ringan, bukan yang berat, berminyak, dan lebih creamy.

4. Kulit kering

Ilustrasi kulit kering

Suhu panas dapat membuat kulit lebih kering. Oleh karenanya, kamu bisa lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan protein.

5. Masalah rambut

Sumber: Brightside.me copyright Depositphotos.com

Rambut juga tak luput dari masalah. Di musim kemarau, rambut dapat lebih kering. Maka cobalah untuk tidak mengikat rambutmu terlalu kencang karena akan membahayakan rambutmu.

Jangan pula mencuci rambut terlalu sering. Mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambutmu lebih cepat kering.

6. Wajah berminyak

Sumber: Brightside.me copyright Depositphotos.com

Suhu panas membuat wajah lebih mudah berminyak. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan bahan alami, oatmeal.

Coba campurkan oatmeal ke dalam air panas dan tambahkan sedikit madu. Aplikasikan pada wajahmu selama 3 menit, kemudian bilas.

7. Jerawat

Sayuran hijau dan Buah (sumber: iStockphoto)

Jerawat dapat muncul dan mengganggu. Untuk mengatasinya, kamu perlu menghindari makanan yang mengangung gula. Cobalah lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin, antioksidan, dan nutrisi untuk kesehatan kulitmu.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Kosong, Hazard Berpeluang Kenakan Nomor Punggung Ronaldo di Real Madrid

Posted: 07 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada yang unik dalam perkenalan Eden Hazard sebagai pemain Real Madrid, 13 Juni lalu. Kostum yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden Los Blancos, Florentino Perez kepada mantan pemain Chelsea tersebut, tidak punya nomor punggung alias masih dikosongkan. 

Hazard menjadi pembelian termahal Real Madrid sejak James Rodriguez 2014 lalu. Pemain asal Belgia itu diboyong dengan nilai transfer 100 juta euro atau setara Rp1,5 Triliun. 

Namun kehadiran Hazard memberikan 'PR' baru bagi manajemen Los Blancos. Sebab nomor-nomor yang lazim bagi penyerang, seluruhnya sudah berpenghuni di skuat Real Madrid.

Hazard sendiri selama ini rutin mengenakan nomor punggung 10. Namun di klub barunya, nomor keramat itu sudah menjadi milik Luca Modric. "Saya sudah tanya Modric apakah dia mau memberikan nomor 10 kepada saya," ujar Hazard bercanda saat acara jumpa pers. 

"Namun dia jawab tidak. Saya harus cari nomor lain lagi, tapi itu bukan hal penting saat ini. Yang paling penting bermain dengan lambang klub di dada," beber Hazard menambahkan.  

 

 

 

Berpotensi Kenakan Nomor 7

Gelandang Real Madrid, Eden Hazard, mengontrol bola saat perkenalan dirinya di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (13/6). Dirinya didatangkan Madrid dari Chelsea dengan kontrak lima musim. (AFP/Gabriel Bouys)

Produsen apparel Real Madrid, Adidas, sejauh ini juga masih mengosongkan nomor punggung Hazard pada kostum yang dilempar ke pasar. Adidas juga melakukan hal yang sama bagi kostum Mariano yang dijual lewat toko-toko resmi di Santiago Bernabeu. Padahal, striker asal Spanyol itu, selama ini telah mewarisi nomor keramat milik Cristiano Ronaldo, 7. 

Situasi ini tentu memunculkan spekulasi baru terkait nomor punggung Hazard. Banyak pihak percaya, manajemen bakal menggeser nomor 7 dari kostum Mariano ke Eden Hazard. Apalagi Mariano berpotensi pindah setelah tidak masuk dari rencana Zinedine Zidane. 

Dilansir AS, opsi lainnya untuk Hazard adalah nomor 11 yang kini masih dipakai Gareth Bale. Seperti halnya, Mariano, pemain Wales itu juga berpotensi dijual pada musim ini. 

 

 

 

Tersandung Upah

Mariano masih mengenakan nomor punggung 7 di skuat Real Madrid Javier Soriano/ AFP)

Namun bukan perkara mudah bagi Hazard untuk mendapatkan kedua pilihan tersebut. Sebab hingga saat ini, manajemen masih kesulitan melepas kedua pemain tersebut.

Klub-klub yang berminat juga masih keberatan dengan besar gaji yang mereka terima di Madrid di mana Mariano menerima lebih dari 4 juta euro setahun dan Bale 14.5 juta euro. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Kaji Dampak Kebijakan Penggabungan Produksi Rokok

Posted: 07 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini sedang mensimulasikan dampak dari rencana penggabungan batasan produksi rokok sigaret Sigaret Putih Mesin (SPM) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM) menjadi tiga miliar batang. Penggabungan produksi tersebut dipercaya menjadi salah satu solusi terhadap berbagai persoalan terkait industri hasil tembakau.

Kepala Bidang Kebijakan Kepabeanan dan Cukai Kemenkeu Nasruddin Djoko Surjono menyatakan, pembahasan mengenai peraturan tarif cukai, termasuk di dalamnya rencana penggabungan batasan produksi SPM dan SKM terus intensif dilakukan.

"Pembahasan ini sudah di level atas. Ini selalu dibahas. Kemungkinan sekitar Oktober atau November peraturan tarif cukai 2020 akan keluar," kata dia di Jakarta, Senin (2/7/2019).

Pembahasan mengenai peraturan tarif cukai, termasuk rencana penggabungan produksi SPM dan SKM mencakup beberapa tujuan.  Pertama, pengendalian konsumsi hasil tembakau. Kedua, penyetaraan arena bermain alias level playing field antar pabrikan rokok. Ketiga, meningkatkan kepatuhan. Keempat, kemudahan administrasi. Kelima, pengoptimalan penerimaan negara.

"Tentunya akan ada pembahasan kembali dengan melibatkan stakeholders terkait bersamaan dengan pembahasan kebijakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau," ujar Nasruddin.

Selama ini pemerintah menghadapi tantangan besar dalam upayanya menurunkan tingkat konsumsi rokok. Salah satu penyebabnya adalah ketimpangan harga rokok, khususnya di segmen SPM dan SKM di pasaran akibat pemanfaatan celah tarif cukai oleh para pabrikan besar asing.

Saat ini, masih ada pabrikan besar asing SPM dan SKM yang melakukan peghindaran membayar cukai yang lebih tinggi dengan cara menjaga produksinya di bawah tiga miliar batang, yang merupakan ambang batas penetapan tarif cukai tertinggi.

Padahal, jika diakumulasi antara produksi SKM dan SPM, jumlah produksi pabrikan besar asing ini jauh melampaui tiga miliar batang. Celah ini yang membuat pabrikan besar asing menikmati tarif cukai yang lebih rendah sehingga berimbas kepada harga rokok yang lebih murah.

 

Penggabungan Batasan Produksi Rokok Optimalkan Penerimaan Cukai

Petugas memperlihatkan rokok ilegal yang telah terkemas di Kantor Dirjen Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebeleumnya, Dewan Perwakilan Rakyat mengingatkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kembali melanjutkan kebijakan penggabungan batasan produksi Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Sigaret Putih Mesin (SPM).

Anggota Komisi XI DPR RI, Amir Uskara mengatakan, adanya kebijakan ini akan membantu Kemenkeu yang ingin mengoptimalkan penerimaan negara dari cukai industri hasil tembakau sehingga target cukai pada 2019 dapat tercapai.

"Saya mendorong Kementerian Keuangan untuk melanjutkan kebijakan penggabungan volume produksi SKM dan SPM yang jumlah produksinya di atas 3 miliar batang. Kebijakan ini dapat mencegah pabrikan besar asing melakukan tax avoidance," ujar dia di Jakarta.

Menurut Amir, penghentian kebijakan penggabungan batasan produksi SKM dan SPM justru menguntungkan bagi sejumlah perusahaan rokok besar asing. Pasalnya, perusahaan-perusahaan tersebut tetap menikmati tarif cukai yang lebih rendah sehingga berhadap-hadapan langsung dengan perusahaan rokok kecil.

"Jangan sampai ada perusahaan rokok besar asing dengan pendapatan triliunan tetapi membayar cukai rokok yang lebih rendah," ujarnya.

Jika dibiarkan berlarut-larut, Amir memperkirakan kondisi ini akan menciptakan kegaduhan di industri hasil tembakau. Sebab, dengan terus menikmati tarif cukai yang rendah, perusahaan besar akan mematikan pangsa pasar perusahaan kecil. Karena itu, Kemenkeu harus meneruskan kebijakan penggabungan batasan produksi demi menciptakan iklim bisnis yang kondusif.

"Dengan demikian, hal ini dapat menciptakan persaingan adil dan sehat karena pabrikan besar akan bersaing dengan pabrikan besar, sementara pabrikan kecil akan bersaing dengan pabrikan kecil," kata dia.

Pabrik Rokok Asing Nikmati Tarif Cukai Murah

Siswa SMP dari perwakilan delapan sekolah di Jakarta dan Bandung mengikuti kegiatan bertajuk 'Sekolah Tanpa Advertensi Rokok (STAR): Menolak Diam' di Taman Menteng, Jakarta, Sabtu (21/11). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sementara itu Ketua Harian Forum Masyarakat Industri Rokok Seluruh Indonesia (Formasi), Heri Susanto, menambahkan pabrikan rokok kecil selama ini tertekan dengan pabrikan besar asing yang menikmati tarif cukai murah. Pemerintah, menurut dia, seharusnya mengatasi persoalan ini dengan segera menggabungkan batasan volume produksi SKM dan SPM menjadi tiga miliar batang. Pabrikan yang jumlah gabungan produksi SKM dan SPM mencapai tiga miliar batang harus membayar tarif cukai tertinggi di masing-masing golongan.

"Jika tidak diakumulasikan antara produksi SKM dan SPM, hal ini menjadi pertanyaan dari aspek keadilan. Berarti perusahaan rokok besar asing menikmati tarif yang lebih murah. Selama ini yang menikmati pembedaan SKM dan SPM ini justru perusahaan asing, bukan perusahaan lokal," tegasnya.

Dengan penggabungan ini, Heri menjelaskan, tercipta persaingan yang adil dan sehat. "Pengabungan SKM dan SPM supaya pabrik-pabrik besar yang punya brand internasional mainnya tidak seperti sekarang, ada yang golongan satu dan ada yang golongan dua. Dengan digabung, semua pabrik besar, apalagi pabrikan asing, harus naik ke atas , masuk golongan I," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pihaknya akan menutup celah peraturan cukai yang digunakan oleh perusahaan rokok untuk mengalihkan pembayaran cukai yang menggunakan golongan tarif yang lebih murah. "Kami akan tetap fokus mengurangi kelompok industri yang kemudian lari ke kelompok lain atau melakukan evasion atau penghindaran," ujar Sri Mulyani pada Februari 2019 lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Kampus Alam Kopi 'Sunda Hejo' di Garut

Posted: 07 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Pamor kopi dalam negeri yang terus menanjak dalam beberapa tahun ini, mendorong komunitas paguyuban kopi 'Sunda Hejo', Garut, Jawa Barat, turun gunung memberikan pemahanan dan informasi yang benar seputar salah satu tanaman penghasil cafein tersebut.

Bagi anda penyuka kopi, tak ada salahnya mengunjungi salah satu kampus alam kopi, yang sengaja memberikan informasi soal kopi, dengan mengedepankan potensi kearifan lokal tiap daerah di Indonesia.

Berada di persimpangan jalan raya Rancasalak, Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Anda akan mendapatkan informasi menyeluruh mengenai kopi, mulai budidaya, proses panen, pengolahan biji kopi, hingga cara menyeduh dan menyajikan kopi yang baik.

Hamzah Fauzi Nur Amin, pengelola sekaligus pemilik paguyuban kopi sunda hejo Garut mengatakan, ide awal munculnya pelatihan kopi, berasal dari masih minimnya pengetahuan warga mengenai kopi.

"Padahal potensi kopi di Garut, di Jawa Barat bahkan Indonesia itu sangat besar sekali," ujar dia, dalam obrolan hangatnya dengan Liputan6.com, di café Sunda Hejo, Sabtu (6/7/2019) malam.

Mendamping beberapa siswa calon barista dari Desa Ajaubaki, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan First Crack Indonesia dari Jakarta. Robert panggilan akrab Hamzah di kalangan barista dan petani kopi tanah air, nampak melek menjelaskan silsilah kopi.

Menurutnya, sebagai salah satu dari lima produsen kopi terbesar di dunia, komoditas kopi tanah air yang didominasi Arabika, memiliki ragam keunggulan rasa dan keunikan tersendiri, dibanding dengan kopi dari belahan dunia manapun.

"Makanya kenapa Indonesia masih impor kopi arabika dari Vietnam, padahal negara lain malah mati-matian mencari kopi Arabika dari Indonesia," ujar dia sedikit menyentil pemerintah.

Menggunakan kaos oblong hitam kesukaannya, Robert begitu leluasa menjelaskan dengan rinci pelbagai keunggulan kopi Indonesia, terutama kopi Arabika Preanger, yang banyak ditanam di wilayah Priangan, Jawa Barat bagian selatan.

"Kenapa Preanger? Sebab jika melihat sejarah, termasuk salah satu komoditas kopi unggulan di dunia," papar dia bangga.

Robert mengatakan, sebagai salah satu produsen sekaligus konsumen kopi besar dunia, sudah saatnya masyarakat memahami dengan baik, potensi kopi yang cukup melimpah saat ini. "Kami memiliki seluruh sampel kopi Indonesia untuk dipelajari," kata dia.

 

 

 

 

Kongkow Sambil Belajar Kopi

Salah seorang barista cafe Sunda Hejo tengah melayani pesanan kopi para pengunjung  (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Berlama-lama di café sunda kopi punya banyak manfaat. Selain merasakan sensasi minum ragam kopi tanah air secara langsung, juga bisa mendapatkan ilmu mengenai kopi secara utuh dari pakarnya."

"Pengunjung juga bisa secara langsung mencoba meroasting kopi, silahkan jika mau" ujar Robert.

Nama Sunda yang dipakai bukanlah suku sunda yang dimaksud, namun busur sunda, yang merupakan struktur geologi sangat aktif yang menjadi pembatas dua lempeng. Sementara Hejo, merupakan anonim dari hijau yang memiliki semangat bersama alam, dengan tujuan menjaga kehijauan dan kelesatrian alam sekitar.

Putri, salah satu pengunjung asal Garut mengaku senang menikmati sajian kopi sunda hejo, selain varietas kopi yang lebih lengkap, juga suasana cefe mendukung untuk nongkrong. "Tempatnya cukup unik juga," kata dia.

Menggunakan sebagian besar barang bekas aksesoris kendaraan dan pesawat terbang, nampilan café memang lumayan nyentrik, sehingga mampu menarik minat pengunjung datang. "Ternyata barang bekas jika otimalkan masih bisa bermanfaat," ujarnya.

Selain sajian kopi yang nikmat, alunan musik pengiring yang disediakan pengelola, mampu menambah kenikmatan tongkrongan anda. 

Robert menambahkan, penggunaan barang bekas dalam ornamen café sunda hejo, sengaja ditampilkan untuk menggugah masyarakat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. "Jangan asal rusak buang, tapi masih bisa diperbaiki," kata dia.

Dengan penataan seperti itu, para pengunjung yang datang bisa menjadi duta kampanye dalam mengoptimalkan barang bekas di wilayahnya.

 

 

 

Pola Pengajaran

Nampak pengunjung kaula muda tengah menikmati sajian kopi sambil mempelajari ragam kekayaan kopi tanah air di cafe Sunda Hejo, Kadungora, Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dalam praktiknya, pola pengajaran kopi yang diberikan kampus alam Sunda Hejo, lebih banyak dilakukan melalui materi dan praktik di lapangan. "Kita bawa langsung ke perkebunan kopi binaan," ujar Robert.

Selama di perkebunan, Robert bakal menjelaskan seluruh informasi mengenai budidaya kopi secara lengkap kepada mereka. "Bahkan bagaimana cara memetik biji yang baik pun kita berikan, termasuk lainnya," papar dia.

Menurutnya, tanah vulkanis Indonesia sangat baik ditanami kopi, baik robusta maupun arabika, sehingga keduanya bisa tumbuh dengan baik.

"Jika Robusta lebih banyak di tanam di daerah dataran rendah, maka arabika lebih cocok ditanam di dataran tinggi," ujar dia menjelaskan.

Saat ini, potensi kopi arabika Indonesia cukup melimpah sebut saja kopi Gayo dari Aceh, Enrekang dari Sulawesi, Sawah Lunto dari Sumatera, Kintamani dari Bali, Waerebo dari Flores, hingga Arabika Preanger dari wilayah Jawa Barat, menjadi komoditas unggulan Indonesia.

"Belum kopi lainnya seperti Papua New Guinea, NTT dan lainnya banyak sekali," kata dia.

Aranci Amerita Kaseh, salah satu pengunjung yang tengah mempelajari kopi dari Desa Ajaubaki, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengaku puas dengan informasi yang diberikan.

"Potensi kopi di kami sangat melimpah, namun masih berbasis kopi hutan belum di budidaya secara resmi," ujar dia.

Menurutnya, pola budidaya kopi yang beransgung di desa Ajaubaki masih tradisional tanpa bantuan teknologi sedikit pun. "Istilahnya jadi ya kami bersyukur, kalau pun tidak tidak masalah," kata dia dia.

Saat ini produk utama perkebunan masyarakat Timor Tengah Selatan masih berkutat pada produksi jeruk kapok, sehingga keberadaan potensi kopi belum banyak dilirik.

"Setahu kami kopi ya dipanen, dikeringkan, diolah, diseduh ya sudah," kata dia menjelaskan tradisi masyarakat setempat dalam mengoptimalkan kopi.

Namun seiring banyaknya informasi selama menimba ilmu di Sunda Hijau, banyak sekali muatan yang bisa dikembangkan untuk mengoptimalkan potensi kopi NTT.

"Jelas sangat berguna, saya tentu sangat berterima kasih sekali," kata dia.

Hal senada disampaikan Octa Thio dari First Crak Indonesia. Menurutnya, pola penyampaikan informasi kopi yang disampaikan Sunda Hejo cukup efektif, sehingga mampu menggugah rasa penasaran pengunjung.

"Mereka diajari bagaimana budidaya, mengolah, hingga menyeduh termasuk tata niaga kopi yang baik, jadi cukup lengkap," ujarnya.

 

 

Berbasis Kearifan Lokal

Dengan mengusung tema kearifan lokal, paguyuban Sunda Hejo berharap seluruh potensi kopi tanah air bisa berkembang sesuai dengan potensi kearifan lokal masyarakat sekitar (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Selain mengajarkan budidaya kopi secara lengkap, Robert berharap informasi yang disampaikan mampu menarik minat masyarakat Indonesia, membangkan potensi kopi secara optimal.

"Setiap daerah itu memiliki ciri khas dan kearifan lokal masing-masing," kata dia.

Dampaknya bisa dilihat, kopi yang dihasilkan lebih beragam untuk menambah hasanah cita rasa produk Kopi Indonesia. "Soal arabika kita berani adu dengan kopi manapun di dunia," ujar dia.

Robert mengaku, saat ini sudah ada tiga gelombang yang berhasil dididik dari kampus alam kopi Sunda Hejo, mereka sudah menyebar di beberapa tempat, dengan kemahiran utama mengolah kopi.

"Generasi pertama kebanyakan buka usaha sendiri kopi, generasi kedua menjadi barista, generasi ketiga menguasai bagaimana budidaya dan tradisi kopi di Indonesia," kata dia.

Bahkan untuk menarik minat pengunjung dan calon siswa yang datang, lembaganya ujar dia, mulai mengenalkan potensi kebudayaan tiap daerah, yang berhubungan dengan potensi kopi yang dihasilkan.

"Kalau untuk masyarakat sunda kita berikan kesenian kacapi, silat, upacara adat dan lainnya," kata dia. 

Dengan upaya itu, mereka tidak hanya bangga dengan produk kopi, namun tidak melupakan akar rumpun budaya masyarakat setempat.

"Yang lain tergantung keragaman dan budaya daerahnya masing-masing," ujar dia.

Membantu Konservasi

Paguyuban Sunda Hejo di Rancasalak, Garut, Jawa Barat mampu menyajikan informasi yang lengkap soal kopi, termasuk tempat tongkrongan yang enak di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Selain transformasi informasi mengenai kopi, keberadaan sunda hejo, diharapkan mampu menyadarkan masyarakat pentingnya menanam kopi, dalam menjaga kelestarian alam sekitar.

"Salah satu pohon konservasi yang paling menguntungkan dalam usia relatif singat ya tanaman kopi," ujar dia. 

Sesuai dengan moto sunda hejo, 'Kopi menyelamatkan hutan, hutan menyelamatkan manusia, dam manusia menyelamatkan kopi,' diharapkan menjadi pijakan paguyuban dalam mengembangkan kopi ke depan.

"Kami tidak hanya berbisnis, namun ada pesan pentingnya kelestarian alam yang harus disampaikan," kata dia.

Saat ini jutaan hektar lahan gambut, belum mampu digarap dengan optimal, dalam menjaga kelestarian alam. "Coba berikan bagi kami untuk ditanami kpi betapa besar pendapatan negara dari komoditas kopi," kata dia.

Dengan pasokan cukup melimpah, serta potensi lahan yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke, Robert berharap semakin banyak potensi kopi berkualitas yang bisa dihasilkan. "Kopi Indonesia itu memiliki kenageragaman rasa paling banyak di dunia," kata dia.

Khusus sunda hejo, saat ini pasukan biji kopi yang berhasil dieksport ke luar negeri sudah mencapai 540 ton per bulan, dengan tujuan utama Amerika Serikat, Eropa dan Asia terutama Jepang.

Namun bagi anda yang menyenangi tongkrongan lengkap berbahan kopi, tidak ada salahnya menikmati ragam sajian kopi 'Klasik Beans Sunda Hejo Coffee', di beberapa coffe shop tanah air saat ini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putus dari Alyssa Daguise, Al Ghazali Ingin Fokus Berkarier

Posted: 07 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara Al Ghazali dengan Alyssa Daguise sudah tidak lagi bisa dipertahankan. Keduanya telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan asmaranya

Saat ini Al Ghazali mengaku tak lagi memikirkan hubungan yang ia jalani selama beberapa tahun terakhir bersama Alyssa Daguise.

"(Sudah) move on pokoknya," kata Al Ghazali saat dijumpai di kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019).

Selain itu, Al Ghazali menegaskan bahwa dirinya sedang ingin fokus menata kariernya. Perkara asmara bukan lah menjadi prioritasnya.

 

Restu Orangtua

Al Ghazali

"Lagi mau fokus karier dulu. Nanti dulu buat pacaran lah," kata Al Ghazali.

Ke depannya, Al Ghazali tidak akan asal pilih pasangan. Menurutnya yang terpenting adalah hubungannya nanti direstui oleh orangtuanya. "Pasti selektif (mencari pacar), sama butuh persetujuan dari orangtua," lanjut Al Ghazali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Memukau Anggun C. Sasmi saat Gelar Konser Amal

Posted: 07 Jul 2019 09:55 PM PDT

Anggun tampil sangat total, baik dari sisi musikalitas sampai kostum, Anggun terlihat sangat memukau. Wajar saja apabila penampilannya yang memukau ini berhasil mengumpulkan dana donasi hingga Rp 3 miliar (KapanLagi.com/Budy Santoso)

Anggun tampil sangat total, baik dari sisi musikalitas sampai kostum, Anggun terlihat sangat memukau. Wajar saja apabila penampilannya yang memukau ini berhasil mengumpulkan dana donasi hingga Rp 3 miliar (KapanLagi.com/Budy Santoso)

Pelantun lagu Tua Tua Keladi ini tampil sangat prima di konser amal yang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan. Konser yang bertajuk Satukan Nada Wujudkan Mimpi Anak Indonesia ini mampu sihir penonton dengan penampilannya yang memukau. (KapanLagi.com/Budy Santoso)

Pelantun lagu Tua Tua Keladi ini tampil sangat prima di konser amal yang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan. Konser yang bertajuk Satukan Nada Wujudkan Mimpi Anak Indonesia ini mampu sihir penonton dengan penampilannya yang memukau. (KapanLagi.com/Budy Santoso)

Anggun tampil total di konser amal ini. Penonton yang memadati Tennis Indoor Senayan dibuatnya bernyanyi bersama. Penyanyi yang terjun di dunia musik sejak berumur 9 tahun ini membuktikan kualitasnya. Penampilannya ini membuat penonton banyak yang terkesima (KapanLagi.com/Budy Santoso)

Anggun tampil total di konser amal ini. Penonton yang memadati Tennis Indoor Senayan dibuatnya bernyanyi bersama. Penyanyi yang terjun di dunia musik sejak berumur 9 tahun ini membuktikan kualitasnya. Penampilannya ini membuat penonton banyak yang terkesima (KapanLagi.com/Budy Santoso)

Penampilan memukau Anggun dilengkapi dengan beberapa kali melakukan kolaborasi dengan penyanyi Tanah Air. Iwa K, menjadi salah satu penyanyi yang mendapatkan kesempatan berduet dengan Anggun. Duet Anggun dan Iwa K mampu membuat Tennis Indoor Senayan bergemuruh (KapanLagi.com/Budy Santoso)

Penampilan memukau Anggun dilengkapi dengan beberapa kali melakukan kolaborasi dengan penyanyi Tanah Air. Iwa K, menjadi salah satu penyanyi yang mendapatkan kesempatan berduet dengan Anggun. Duet Anggun dan Iwa K mampu membuat Tennis Indoor Senayan bergemuruh (KapanLagi.com/Budy Santoso)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lalai Saat Pengisian Stasiun BBM Mini Terbakar

Posted: 07 Jul 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran terjadi di sebuah pompa bensin mini milik warga di Kora Ponorogo. Kebakaran terjadi akibat kelalaian pemilik saat mengisi BBM menggunakan pompa air listrik. Akibat peristiwa ini pemilik pompa bensin dilarikan ke rumah sakit akibat menderita luka bakar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Telur Ayam Stabil, Tapi Penjualan Sepi

Posted: 07 Jul 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga telur ayam masih betah di Rp 25 ribu per kilogram (kg) Angka ini tak berbeda jika dibandingkan dengan harga pada pekan kemarin. Pedagang pasar menyebutkan bahwa dalam beberapa hari terakhir penjualan telur tak begitu menggairahkan atau sepi pembeli.

"Harga telur habis Lebaran naik lagi. Sekarang Rp 25 ribu (per kg),"ujar Yuni (23) kepada Liputan6.com, Senin (8/7/2019) di Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat.

Ia menyebut sebelumnya harga telur masih Rp 24 ribu per kg. Yuni menyebut penjualan sedang sepi dan ini tak terlepas dari faktor tahun ajaran baru. "Ini lagi sepi banget faktor baru masuk sekolah," tuturnya.

Untuk jenis telur lain, Yuni menjual telur ayam kampung seharga Rp 2.800 per butir untuk yang merah, dan telur bebek stabil seharga dengan harga Rp 3.000 per butir.

Penjual lain, Martini (50), berkata harga telur ayam stabil di nominal Rp 25 ribu per kg. Ia juga menyebut penjualan sedang menurun karena faktor musim tahun ajaran baru.

"Sepi dari mulai pertengahan Juni, puncak-puncaknya ini Juli ini. Mulai kendor, sepi. Enggak terlalu ramai," jelasnya kepada Liputan6.com

Wanita berkacamata itu menjual telur ayam kampung merah seharga Rp 2.500 per butir, telur puyuh seharga Rp 35 ribu per kg, dan telur bebek seharga Rp 3.000 per butir.

Pekan Lalu

Penjual merapikan telur dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (24/7). Harga telur ayam mengalami penurunan di angka Rp 26 ribu per kilo. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pada pekan lalu, harga telur ayam ras di Pasar Rumput, Manggarai, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan terpantau naik. Menurut penuturan Kiki (26), kenaikan harga telur ayam ras tersebut telah terjadi mulai 1 Juli 2019.

"Telur ayam ras per kilogram (kg) mulai naik sejak Senin 1 Juli 2019. Sampai sekarang masih tinggi yaitu Rp 25 ribu per kg," jelasnya kepada Liputan6.com, Jumat (5/07/2019).

Setali tiga uang, harga telur puyuh juga melonjak. Kenaikannya mencapai 6,6 persen. Telur Puyuh yang biasanya dijual seharga Rp 30 ribu per kg, sekarang dibanderol Rp 32 ribu per kg. 

"Telur Puyuh harganya naik drastis sejak tanggal 1 Juli. Biasa Rp 30 ribu satu kilonya. Sekarang menjadi Rp 32 per kilo gram," ucapnya.

Menurut Kiki, melonjaknya harga telur lantaran berkurangnya pasokan dari Jawa Tengah. Daerah tersebut dikenal sebagai salah satu penyuplai kebutuhan telur di Ibu Kota. Sementara itu, permintaan terhadap telur tinggi.

Ia mengatakan, berkurangnya suplai telur dari Jawa Tengah karena di daerah tersebut sedang banyak hajatan. Sehingga, supplier telur lebih banyak memasok untuk memenuhi kebutuhan di wilayah tersebut.

"Banyak hajatan di daerah. Jadi telur sudah habis dibeli masyarakat di daerah. Akibatnya pasokan untuk Jakarta berkurang," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Sayuran Kaya Antioksidan, Basmi Radikal Bebas dalam Tubuh

Posted: 07 Jul 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Antioksidan merupakan bahan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Sedangkan radikal bebas merupakan sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. 

Nah, untuk mencegah kerusakan, tubuh membutuhkan asupan yang cukup antioksidan.

Radikal bebas ini dapat terbentuk secara alami di dalam tubuh dan bisa diperoleh dari luar tubuh. Radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh adalah bahan kimia yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Sedangkan radikal bebas dari luar tubuh ditimbulkan akibat asap rokok dan radiasi.

Bila radikal bebas tidak dapat ditangani tubuh, maka bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti kanker dan sakit jantung. Nah, agar tubuh mendapatkan jumlah antioksidan yang cukup untuk melindungi tubuh, kamu bisa memenuhinya dengan mengonsumsi cukup makanan yang mengandung antioksidan tinggi setiap hari, untuk memerangi radikal bebas.

Ya, tubuh tidak bisa memproduksi antioksidan secara alami, untuk itu perlu mencukupinya dengan memenuhinya sendiri. Salah satu sumber makanan yang bisa kamu dapatkan untuk memenuhi kebutuhan antioksidan dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran.

Berikut ini ada beberapa sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Telah Liputan6.com, Senin (8/7/2019) lansir dari berbagai sumber, berikut sayuran dengan kandungan antioksidan tinggi yang disarankan dikonsumsi secara rutin.

Brokoli

Brokoli / Sumber: iStokphoto

Sayuran berwarna hijau ini juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Untuk mendapatkan antioksidannya, kamu bisa mengolahnya dengan memasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Memasak brokoli sebelum dimakan, selain menghindari rasanya yang aneh saat dimakan mentah, ternyata kandungan nutrisi brokoli saat dimasak menjadi lebih banyak.

Penelitian menemukan bahwa brokoli mengandung senyawa karotenoid, polifenol, glucosinolat, lutein, dan tocopherol yang bisa menurunkan inflamasi pembuluh darah sehingga menurunkan kemungkinan kanker.

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, dengan merebus atau mengukus brokoli terbukti bisa meningkatkan karotenoid dan lutein.

Wortel

Wortel / Sumber: iStockphoto

Wortel dikenal sangat kaya akab vitamin A, beta karoten, dan berbagai mineral lainnya. Wortel mengandung antioksidan lebih tinggi saat dimasak. Pada sebuah Journal of Agricultural and Food Shemistry dikatakan bahwa wortel yang direbus, kukus, atau ditumis bisa meningkatkan kandungan karotenoid, polifenol, glucosinolat dan vitamin C.

Penelitian menemukan bahwa peningkatan antioksidan bisa 14 persen lebih tinggi dibanding saat mentah. Berbeda jika wortel digoreng, justru menurunkan antioksidan karena pengaruh minyak, meski akan meningkat pada awalnya.

Bayam

Bayam / Sumber: iStockphoto

Selain kedua sayuran di atas, bayam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini dikarenakan adanya senywa lutein pada bayam yang akan berubah menjadi antioksidan bila dikonsumsi. Manfaat lutein pada bayam ini memberikan manfaat untuk menjaga retina mata, degenerasi macula, dan katarak.

Tomat

Tomat / sumber: iStockphoto

Jenis sayuran berikutnya yang memiliki senyawa antioksidan tinggi di dalamnya adalah tomat. Untuk mendapatkan antioksidan pada tomat, kamu bisa memasaknya terlbeih dahulu.

Memang, tomat bisa dimakan mentah. Namun akan lebih kaya nutrisi saat terkena suhu panas atau dimasak. Ya, tomat yang kaya akan vitamin C dan likopen ini akan bertambah tinggi ketika dimasak.

Likopen bisa menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan respons syaraf.

Kubis Ungu

Ilustrasi Foto Kubis Ungu (iStockphoto)

Bukan yang terakhir, namun dari beberapa deretan sayuran yang memiliki senyawa antioksidan tinggi dan mudah ditemukan adalah kubis ungu.

Kandungan antioksidan pada kubis ungu akan meningkat empat kali lipat setelah direbus. Antioksidan yang terkandung di dalam kubis ungu yaitu antosianin.

Senyawa ini bermanfaat untk kesehatan tubuh seperti bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan mengurangi risiko serangan jantung serta kanker.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati Dialog dengan Wapres Tiongkok dan Sejumlah Mantan Kepala Negara

Posted: 07 Jul 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menggelar pertemuan multilateral bersama sejumlah tokoh internasional mulai dari, Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan hingga mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai. Pertemuan sebelum pembukaan The World Peace Forum ke-8 di Universitas Tsinghua Beijing, Senin (8/7/2019).

Selain keduanya, Presiden ke-5 RI itu juga sempat bertemu dengan mantan Perdana Menteri Singapura yang sekaligus pimpinan delegasi Singapura Goh Chok Tong, mantan Perdana Menteri Belgia Herman Van Rompuy, dan mantan Menlu Rusia Igor Ivanov. Pertemuan berlangsung sekitar 10 menit.

Megawati tampak berbincang akrab dengan Hamid Karzai, Herman Van Rompuy, dan Igor Ivanov. Tak sendiri, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu juga mengajak cucu perempuannya, Diah Pikatan Orissa Putri, dalam pertemuan terbatas.

Megawati juga memperkenalkannya kepada tiga tokoh internasional tersebut. Kemudian, tiba Goh Cok Tong. Mereka lalu bersalaman dan berbincang-bincang.

Tak lama kemudian, Wapres RRT Wang Qishan tiba di ruangan dan menyalami mereka satu persatu. Saat berdialog dengan Megawati, Wapres Wang menyampaikan bahwa Presiden pertama RI Sukarno begitu terkenal di Tiongkok.

"Presiden Sukarno sangat terkenal di Tiongkok terutama untuk generasi saya," ucap Wapres Wang, dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Senin (8/7/2019).

"Saat itu saya masih kecil, saya ikut dijalan untuk menyambut kedatangan Presiden Sukarno," lanjut Wapres Wang.

Semuanya pun tertawa lepas mendengarkan apa yang disampaikan Wapres Wang. "Terima kasih," jawab Megawati tersenyum.

Megawati Soekarnoputri dalam pembukaan The World Peace Forum ke-8 di Universitas Tsinghua, Beijing. (foto: istimewa)

Foto Bersama

Setelah pertemuan itu, Wapres Wang mengajak Megawati dan para pimpinan delegasi untuk berfoto bersama dengan sejumlah pemimpin dunia dan perwakilan delegasi yang hadir di forum tersebut.

Usai upacara pembukaan, Megawati bertemu dengan Presiden Universitas Tsinghua, Mr. Qiu Young.

Megawati mengaku tak bisa berbincang tentang banyak hal dengan Wapres Wang Qishan. Namun, dia mengaku terkesan dengan pengalaman Wapres Wang soal Soekarno, yang juga ayahanda Megawati.

"Bung Karno itu di Tiongkok memang sangat terkenal. Waktu Konferensi Asia Afrika pertama, Bung Karno lah yang meminta kepada Mao Zedong melalui Perdana Menteri Chou Enlai untuk masuk ke Konferensi Asia Afrika, dan sangat diterima oleh Tiongkok," kata Megawati.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oshop: Tempat Belanja Hemat buat Pasangan Muda

Posted: 07 Jul 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Saya punya dua produk Oshop," kata Mario, seorang karyawan swasta di Jakarta. "Blender tangan dan penyedot debu. Sejak dibeli tahun 2016-an, dua-duanya masih berfungsi banget," lanjutnya.

Mario bukan satu-satunya pelanggan Oshop yang memberi testimoni semacam itu. Bapak muda itu bersama dengan para pelanggan lainnya, yang baru menikah atau baru memiliki momongan. Selain tahu kalau produk yang dibeli bisa bertahan lama, apa lagi yang kira-kira membuat mereka puas?

Sebelum menjawab hal itu, mari berkenalan dengan Oshop.

TV Home Shopping & E-Commerce dalam Grup Emtek

Oshop berdiri pada 2009. Sejak saat itu, Oshop menyediakan beragam keperluan rumah tangga premium, multifungsi, dan tahan lama. Mulai dari peralatan masak, perabot rumah seperti kasur dan penyedot debu, sampai alat fitnes rumahan dan produk kecantikan Korea.

Lewat tayangan televisi (terutama di saluran O Channel TV) dan situs web www.oshop.co.id, Oshop melakukan penawaran menarik setiap hari. Jadi, siapa pun bisa bicara seperti ini: produk-produk berkualitas dan semua bonusnya tidak selalu berharga selangit.

Saat ini, Oshop berada dalam naungan grup Emtek, sebuah perusahaan teknologi, telekomunikasi, dan media kenamaan di Indonesia. Hal itu dapat jadi pertimbangan lain bagi masyarakat Indonesia yang ingin berbelanja secara aman di tempat yang kredibel.

Belanja di Oshop bikin Pasangan Muda Bisa Berhemat

Nah, ini untuk menjawab pertanyaan soal kenapa pasangan muda merasa puas dengan produk-produk Oshop. Sebenarnya, secara keseluruhan, itu karena produk-produk Oshop membuat mereka bisa berhemat. Baik saat membelinya (berkat promo besar-besaran), maupun setelahnya.

Produk-produk Oshop bersifat praktis, multifungsi, dan tahan lama. Kriteria seperti itulah yang memungkinkan proses penghematan bagi para pasangan muda. Contohnya, produk alat fitnes rumahan dari Oshop selain bisa melepaskan biaya rutin untuk berolahraga di pusat kebugaran, mereka tidak perlu membeli produk pendukung karena produk utamanya sudah mudah digunakan.

Bisa juga disebut peralatan masak dari Oshop. Hampir semuanya bersifat multifungsi, dalam artian bisa digunakan untuk berbagai cara masak dan penggunaan. Jadi, meski hanya dengan satu alat, para pasangan muda bisa memiliki menu yang variatif, sehat, dan nikmat.

Soal produk Oshop yang tahan lama, Anda pasti sudah bisa menebak. Produk seperti itu, yang materialnya berkualitas, membuat siapa pun yang membelinya tidak perlu membeli lagi produk sejenis dalam waktu yang lama. Seperti kata Mario: sejak dibeli, masih berfungsi banget.

Promo Terkini: Diskon hingga 57% Alat Fitnes Rumahan

Buat para pasangan muda, selama Juli 2019 ini, Oshop memberi lagi penawaran yang istimewa. Tepatnya sampai 31 Juli 2019 nanti, produk alat fitnes rumahan dari Oshop bisa didapatkan dengan diskon hingga 57%. Selain itu, terdapat juga beragam bonus istimewa.

Kalau Anda tertarik, langsung saja kunjungi situs web Oshop di sini.

 

[*]

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tompi Sebut Ngeband Seperti Poligami, Ini Alasannya

Posted: 07 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Prambanan Jazz Festival 2019 dijadikan ajang kangen-kangenan bagi sejumlah musikus. Setelah Rida Sita Dewi menyapa fans kemarin, kini giliran Tompi melepas rindu dengan para personel Bali Lounge. Bali Lounge, band yang membesarkan Tompi di industri musik.

Album perdana Bali Lounge yang dirilis pada 2004 melahirkan dua hit besar, "Something Wrong" dan "Apa." Setelah vakum bertahun-tahun, Tompi kembali mengibarkan bendera Bali Lounge di panggung Prambanan Jazz Festival 2019 hari terakhir, Minggu (7/7/2019).

Ketika dihubungi CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi, untuk tampil di Prambanan Jazz Festival 2019, Tompi mengajukan syarat.

"Saya usulkan bagaimana kalau tampil bersama para personel Bali Lounge. Ternyata usulan saya disetujui. Kami baru latihan menjelang magrib kemarin dan tadi pagi. Gara-gara tampil di Prambanan kami menangkap kembali spirit bermusik di panggung untuk disalurkan lewat single atau album baru," beber Tompi dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com di Yogyakarta.

Tompi kini punya 3 proyek musik yakni solo karier, Trio Lestari bersama Glenn Fredly dan Shandy Sondoro, serta Bali Lounge. Sejauh ini, Tompi tak kesulitan mengatur waktu untuk tiga proyek musik, hobi fotografi, dan profesi sebagai dokter. Soal bermusik, Tompi tak bisa memilih mana yang lebih nikmat. Baginya, ngeband itu sama seperti berpoligami.

Seperti Poligami...

(Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Ngeband itu sama seperti poligami. Sebagai solois saya tampil dengan band pengiring, lalu bareng Bali Lounge, serta Trio Lestari. Itu tidak bisa dibanding-bandingkan," ujar Tompi.

Tompi menambahkan, "Saya tidak bisa menjawab lebih enak mana. Katakanlah Bali Lounge istri pertama, kalau saya bilang dengan Bali Lounge lebih enak nanti istri kedua marah."

Setelah karier sebagai solis maupun vokalis Bali Lounge dan Trio Lestari berjalan mulus, Tompi membuka peluang untuk berkolaborasi dengan musikus lain. "Setelah ini saya belum tahu akan bikin proyek musik apa tapi ini era kolaborasi. Saya menikmati kolaborasi dengan penyanyi mana pun," pungkas Tompi. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cucu Nelson Mandela Kecam Tindakan Apartheid Israel terhadap Palestina

Posted: 07 Jul 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cucu pahlawan anti-rasisme Nelson Mandela mengecam keras tindakan apartheid yang dilakukan Israel. Pernyataan itu diberikan dalam ekspresi solidaritas Afrika Selatan dan bangsa Palestina.

Ia adalah Zwelivelile Mandela, seorang anggota parlemen dari Kongres Nasional Afrika (ANC) yang tengah berkuasa. Kecamannya terhadap Israel disampaikan pada Sabtu, 6 Juli 2019 di Palestine Expo, sebuah acara tahunan di London yang bertujuan memamerkan sejarah, warisan dan budaya Palestina.

Berbicara di muka umum, Mandela mengatakan bahwa Hukum Negara-Bangsa yang disahkan pada tahun 2018, di mana menyatakan Israel sebagai tanah air bersejarah bagi orang Yahudi; "menegaskan apa yang selama ini kita ketahui sebagai karakter dan realitas sejati Israel: Israel adalah negara apartheid".

Mengutip Al Jazeera, Senin (8/7/2019), ia juga menguraikan apa saja tindakan apartheid yang dialami warga kulit hitam Afrika Selatan di masa lalu. Di antaranya adalah pengambilalihan tanah dan penyerangan terhadap martabat yang terjadi setiap hari.

"Semua karakteristik ini ada di Israel yang apartheid sejak awal, tetapi sekarang telah dikodifikasi dan diberi status konstitusional oleh Hukum Negara-Bangsa," lanjutnya.

"Apartheid Israel melanggengkan diskriminasi ... melalui definisi hukum sebagai negara Yahudi; dengan melakukan hal itu menjadikan non-Yahudi sebagai warga negara kelas dua, sebagai orang asing di negeri kelahiran mereka," katanya.

Kritik terhadap Deal of the Century

Warga Palestina di Kota Gaza pada 24 Juni 2019, mengibarkan bendera nasional dan memegang spanduk yang mengecam konferensi Perdamaian untuk Kemakmuran yang dipimpin AS di Bahrain. (MOHAMMED ABED / AFP)

Seorang jurnalis Israel Gideon Levy juga berbicara dalam kesempatan yang sama. Ia mengkritik upaya Amerika Serikat untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel melalui investasi; seperti apa yang tertuang dalam Deal of the Century.

Levy mengatakan kepada hadirin di London bahwa tidak hanya kesepakatan itu tidak dapat ditanggapi dengan serius, tetapi juga berpotensi mengakhiri "semua hak dan aspirasi Palestina". Ia menekankan, intervensi global sekarang ini diperlukan untuk memberi tekanan pada Israel.

"Kita membutuhkan dunia karena Israel tidak akan berubah dengan sendirinya," kata Levy.

Levy juga melancarkan kritik pedas tentang bagaimana politisi Barat dan media menyerah pada kampanye Israel yang menyebut setiap kritik terhadap negara itu sebagai anti-Semitisme.

"Di sini kita sekarang menghadapi tahap baru di mana mengkritik Israel menjadi tidak hanya mustahil tetapi juga hampir bersifat kriminal. Saya belum pernah melihat fenomena seperti itu di mana perjuangan untuk keadilan dikriminalisasi - ini tidak pernah terjadi," lanjut Levy.

 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbahaya, Ini Akibatnya Jika Mencampur Cairan Pembersih Lantai Sembarangan

Posted: 07 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Membersihkan rumah adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. Memiliki lingkungan rumah yang bersih tentunya dapat menjaga kesehatan keluarga sehingga terhindar dari berbagai penyakit. 

Salah satu kegiatan untuk membersihkan rumah yang tak pernah luput yaitu mengepel lantai. Mengepel lantai secara rutin dilakukan karena area lantai merupakan area rumah yang dengan mudah terkena noda maupun kotoran. 

Tak hanya menggunakan kain atau alat pel basah, tak jarang banyak orang yang mencampurnya dengan sabun pembersih lantai. Walaupun sudah ada banyak merek pembersih lantai yang dijual di pasaran, sepertinya mencampur bahan campuran sendiri masih kerap dilakukan untuk bahan pembersih lantai. 

Namun, tahukah bahwa ternyata mencampur cairan pel lantai dan pemutih untuk mengepel lantai secara sembarangan bisa memicu gas mematikan? Hal ini bahkan telah diteliti oleh National Poison Center di Malaysia. Kasus ini bahkan telah dialami oleh seorang ibu rumah tangga saat membersihkan rumah

Bahaya Mencampur Cairan Pembersih Lantai dengan Cairan Pemutih

Keracunan gas akibat campuran deterjen dan pemutih untuk mengepel lantai (Sumber: World of Buzz)

National Poison Center of Malaysia telah berbagi di halaman Facebook resminya tentang kasus yang melibatkan seorang ibu rumah tangga yang menderita keracunan parah setelah mencampurkan cairan pemutih yang mengandung Sodium Hypochlorite dan cairan pembersih lantai yang mengandung Hydrochloric Acid, dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Senin (8/7/2019). 

Seringkali diabaikan dan dianggap tak memiliki efek samping serius, formula untuk membersihkan lantai dengan mencampur-campurkan deterjen dengan cairan pembersih lainnya bisa menyebabkan masalah serius. Formula deterjen, sabun dan cairan pembersih lainnya merupakan komponen dari bahan-bahan kimia. Jika dicampur dengan sembarangan tentunya dapat berdampak negatif. 

Melalui akun Facebooknya, National Poison Center of Malaysia membagikan informasi penting bagi ibu rumah tangga. Penting diketahui bahwa ternyata mencampur cairan-cairan pembersih bisa memicu gas beracun yang bahkan bisa menyebabkan kematian. National Poison Center of Malaysia pun juga membagikan info ini setelah sebuah kasus menimpa seorang ibu rumah tangga yang terkena racun gas klorin parah. 

SURIRUMAH KERACUNAN GAS KLORIN Sambungan daripada kisah semalam... Komen daripada Mukarramah Mustapa lebih kurang sama...

Posted by Pusat Racun Negara on Wednesday, 3 July 2019

Dapat Menghasilkan Gas Klorin yang Berbahaya

Keracunan gas akibat campuran deterjen dan pemutih untuk mengepel lantai (Sumber: World of Buzz)

National Poison Center of Malaysia menjelaskan bahwa mencampur cairan kimia tersebut bisa memicu adanya reaksi gas klorin yang ditimbulkan. Gas klor (klorin) adalah seyawa yang umum digunakan dalam industri.

Gas klorin juga bersifat sangat beracun dan pernah digunakan selama Perang Dunia I. Pada tekanan atmosfer dan suhu kamar, unsur klorin berbentuk gas dengan warna hijau kekuningan dan memiliki bau khas seperti pemutih.

Seseorang yang terdampak dengan gas ini akan bereaksi seperti batuk berat, kesulitan bernapas, nyeri dada dan tenggorokan, mual dan muntah dan sakit kepala parah. Jika terpapar dalam waktu lama atau di ruang tertutup seperti di kamar tidur atau di kamar mandi, gejalanya bisa berakibat fatal.

Kejadian ini mendorong pusat penelitian tersebut untuk mengingatkan masyarakat, terutama ibu rumah tangga untuk lebih berhati-hati. Dianjurkan untuk tidak mencampur dua cairan bersamaan ketika  sedang membersihkan lantai atau dinding rumahpada rumah. 

Pemutih yang mengandung Sodium Hypochlorite dan cairan pembersih lantai yang mengandung Hydrochloric Acid merupakan dua unsur utama dalam membentuk gas klorin yang beracun tersebut. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Formula 1 Masih Yakin Bisa Gelar Grand Prix di Miami

Posted: 07 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Formula 1 masih yakin Grand Prix di Miami bisa berlangsung dalam beberapa tahun ke depan. Hal tersebut diyakini akan segera terwujud meski saat ini terkendala terkait lokasi balapan.

Formula 1 dan pemerintah kota di negara bagian Florida itu sudah mencapai kesepakatan selama 10 tahun untuk menjadi tuan rumah balapan, yang rencananya digelar di sekitar kawasan Biscayne Bay dan Bayfront Park.

Awalnya rencana tersebut dijadwalkan akan dimulai pada musim 2019. Namun, rencana itu sampai saat ini masih mendapat pertentangan dari warga setempat.

Terlepas dari itu, Director of Promoters and Business Relations Formula 1, Chloe Targett-Adams, yang memegang tanggung jawab semua kesepakatan balap, terutama terkait pencarian lokasi yang nyaman, masih menegaskan keyakinannya akan segera hadirnya GP Miami.

"Formula 1 melakukan pantauan jangka panjang tentang itu. Miami jelas merupakan kota yang ingin kami jadikan tempat balapan. Kota ini sangat memesona, dan merupakan tujuan yang luar biasa. Sebuah kota yang sangat bersemangat, dinamis, dan hebat untuk ditambahkan ke dalam kalendar F1," kata Targett-Adams, mengutip dari ESPN, Minggu (7/7/2019). Chloe Targett-Adams juga masih mencari solusi agar rencananya untuk menggelar ajang balapan di Miami, Amerika Serikat, tetap terlaksana.

 

GP Austin

F1 sebenarnya telah memiliki satu seri balapan di Amerika Serikat sejak 2012, yakni Grand Prix AS di Austin, Texas, yang digelar di Circuit of the Americas.

Namun, rencana masuknya Miami tidak memiliki arti Formula 1 akan mengganti GP AS yang sudah ada, melainkan hanya menambah daftar kehadiran balapan mobil tersebut di Amerika Serikat.

Sumber: ESPN

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Geliat Jemaah Haji di Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi

Posted: 07 Jul 2019 09:34 PM PDT

Jemaah haji asal Bangladesh tiba di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Jemaah haji asal Bangladesh tiba di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Jemaah haji antre untuk pemeriksaan papsor setibanya di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Jemaah haji antre untuk pemeriksaan papsor setibanya di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Seorang petugas melakukan pemeriksaan paspor calon jemaah haji di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/A

Seorang petugas melakukan pemeriksaan paspor calon jemaah haji di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/A

Jemaah haji antre untuk pemeriksaan papsor setibanya di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Jemaah haji antre untuk pemeriksaan papsor setibanya di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Jemaah haji memasuki pemeriksaan imigrasi di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Jemaah haji memasuki pemeriksaan imigrasi di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Jemaah haji antre memasuki pemeriksaan imigrasi di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Jemaah haji antre memasuki pemeriksaan imigrasi di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Optimisme Konsumen pada Juni 2019 Masih Terjaga

Posted: 07 Jul 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Juni 2019 mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga yang tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2019 yang berada pada level Optimistis yaitu sebesar 126,4, meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 128,2.

Dikutip dari keterangan tertulis Bank Indonesia, Senin (8/7/2019), tetap terjaganya optimisme konsumen ditopang oleh menguatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Hal itu terindikasi dari kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuk indeks, yaitu kondisi penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) juga tetap baik, meskipun sedikit menurun terutama terkait dengan ekspektasi terhadap kegiatan usaha ke depan.

Hasil survei juga mengindikasikan menurunnya tekanan kenaikan harga dalam tiga bulan mendatang hingga September 2019. Penurunan tersebut didorong oleh terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya kegiatan distribusi barang.

Sementara itu, tekanan harga dalam enam bulan mendatang hingga Desember 2019 diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh peningkatan permintaan konsumen terhadap barang dan jasa menjelang akhir tahun.

Per 4 Juli 2019, Aliran Modal Asing ke Indonesia Capai Rp 170,1 Triliun

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Bank Indonesia (BI) mencatat arus masuk modal asing atau capital inflow ke Indonesia per 4 Juli 2019 telah mencapai Rp170,1 triliun.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan aliran dana tersebut masuk melalui portofolio Surat Berharga Negara (SBN), pasar saham dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

"Aliran modal asing year to date catatan kami pada tanggal 4 Juli year to date inflow portoflio Rp170,1 triliun," kata Perry saat ditemui di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Perry menjelaskan, dari total aliran modal asing sebesar Rp170,1 triliun tersebut, yang masuk melalui portofolio SBN mencapai Rp98,5 triliun, kemudian masuk ke pasar saham mencapai Rp71,5 triliun.

Dengan capaian tersebut membuktikan bahwa tingkat kepercayaan investor global terhadap Indonesia masih cukup bagus. Hal ini tidak terlepas dari berbagai langkah kebijakan Bank Indonesia, bersama pemerintah maupun Otoritas Jasa Keuangan.

"Total Rp170,1 triliun termasuk inflow yang cukup besar dua lelang terkahir di SBN keduanya over yang sangat tinggi dan terus masuknya investasi portofolio confindece dari pasar terhadap kebiajakan nilai tempuh dari BI dan OJK terhadap imbal hasil di Indonesia," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rodri Tak Sabar Main Bareng Pemain Ini di Manchester City

Posted: 07 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Rodri tak sabar untuk membela Manchester City mulai musim ini. Apalagi gelandang asal Spanyol itu akan bertemu salah satu idolanya, Sergio Aguero.

Rodri dibeli Manchester City dengan harga 70 juta euro (Rp 1,1 triliun) dari Atletico Madrid. Ia pun menjadi pemain termahal City saat ini.

Pep Guardiola menjadi alasan utama Rodri gabung Manchester City. Namun ada juga pemain yang membuatnya memilih City ketimbang klub lain.

"Saya selalu melihat Sergio Aguero saat di akademi. Saat itu saya masih sangat muda," kata Rodri seperti dilansir Manchester Evening News.

"Sekarang saya punya kesempatan untuk bermain dengannya di Manchester City. Tentu saja saya sangat senang," ucapnya menambahkan.

 

 

Alasan Gabung

Selebrasi striker Manchester City Sergio Aguero usai usai mencetak gol ke gawang Schalke dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Manchester, Selasa (12/3). City membantai Schalke 7-0. (Martin Rickett/PA via AP)

Selain City, Rodri juga sebenarnya diminati MU. Namun pemain berusia 23 tahun itu lebih memilih ke Etihad Stadium.

Rodri menyebut proyek yang ditawarkan City lebih menarik ketimbang MU. Selain itu City juga bermain di Liga Champions musim depan, sedangkan MU hanya bermain di Liga Europa.

"Manchester City mungkin telah mengubah sejarah. Dalam lima atau enam tahun terakhir mereka membuat sejarah baru tak hanya di Manchester tetapi juga di Inggris," kata Rodri.

Jadwal

Jadwal pramusim Manchester City

17 Juli 2019 Manchester City Vs West Ham

27 Juli 2019 Yokohama Marinos Vs Manchester City

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jam Tangan Pintar Lyfe Watch Bisa Buat Bayar Tiket MRT, Berapa Harganya?

Posted: 07 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Startup Lyfe bekerjasama dengan Bank Nasional Indonesia (BNI) menghadirkan jam tangan pembayaran pertama di Indonesia. Jam tangan pintar bernama Lyfe Watch ini diperkenalkan pertama kali pada pegawai BNI bertepatan dengan HUT ke-73, belum lama ini.

Lewat kolaborasi dengan BNI, Lyfe SWatch juga dapat digunakan sebagai jam tangan pembayaran pertama di Indonesia berbekal teknologi TapCash.

"Kami menghadirkan Lyfe Watch dengan tujuan menunjang gaya hidup sehat masyarakat Indonesia. Adanya kerja sama dengan BNI turut menambah fungsi Lyfe Watch sebagai alat pembayaran untuk membuat aktivitas masyarakat lebih mudah dan praktis," tutur CEO Lyfe Indra Darmawan dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (8/7/2019).

Lantas, berapa harga yang dipatok untuk Lyfe Watch? Sayang, Indra belum mengungkap harga dari perangkat ini. Menurutnya, harga jual jam tangan pintarini akan diumumkan pada peluncurannya pada akhir Juli.

"Lyfe Watch, terutama dengan TapCash, memang dirancang untuk menunjang aktivitas masyarakat Indonesia yang memiliki mobilitas tinggi. Smartwatch ini dapat digunakan untuk membayar tiket MRT dan bus TransJakarta," tutur Indra.

Oleh sebab itu, pengguna smartwatch ini dapat dimudahkan melakukan rutinitas sehari-hari, mulai dari pergi-pulang beraktivitas, menjaga gaya hidup sehat, sampai memenuhi kebutuhan harian tanpa perlu membawa uang tunai.

Fungsi Lain Lyfe Watch

Peluncuran Lyfe Watch. Dok: Lyfe

Apabila pengguna Lyfe Watch dengan TapCash ingin mengetahui jumlah saldo TapCash ataupun isi ulang saldo TapCash, mereka dapat melakukannya melalui aplikasi TapCash Go yang dapat diunduh di Google Play.

Selain sebagai jam tangan pembayaran, Lyfe Watch juga memiliki fungsi utama sebagai fitness tracker.

Lyfe Watch dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang gaya hidup sehat, seperti penghitung langkah (step counter), pengukur detak jantung dan tekanan darah, fitur olahraga, serta pengukur kalori terbuang.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Arti Nama Anak Kedua Lee Jeong Hoon

Posted: 07 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Lee Jeong Hoon dan Moa Aeim kedatangan anggota baru di keluarganya. Moa melahirkan anak keempat--kedua dari pernikahan bersama Lee Jeong Hoon--pada Jumat, 5 Juli 2019 lalu melalui proses persalinan caesar.

Lee Jeong Hoon kemudian memberikan nama anak keempatnya Kyra Blair Ivy Lee. Sayangnya, Lee Joong Hoon mengaku kurang mengerti mengenai artinya.

Adalah istri Lee Jeong Hoon yang mencari nama beserta maknanya. Di balik nama itu, rupanya ada arti yang cukup mendalam.

"Kyra itu artinya terang ya. Kalau Blair itu artinya berkat. Kalo Ivy itu kesetiaan," ungkap Moa di Rumah sakit Brawijaya, kawasan Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (7/7/2019).

 

 

 

Butuh Waktu Lama

Lee Jeong Hoon dan Moa Aeim (Sumber: Instagram)

"Jadi ini itu karakter yang setia yang membawa terang dan kemakmuran dalam setiap ruang," dia menambahkan.

Istri Lee Jeong Hoon sendiri mengaku membutuhkan waktu cukup lama dalam menentukan nama untuk anak keempatnya itu. Alasannya karena ia mencari nama itu seorang diri tanpa dibantu oleh Lee Jeong Hoon.

 

Dua Anak Perempuan

(Instagram/leejeonghoon)

"Lumayan lama karena saya nyarinya (namanya) sendiri. Saya nanya adik saya, anak-anak, justru saya nggak nanya dia (Lee)," lanjutnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Lee Jeong Hoon dan istrinya juga dikaruniai anak perempuan bernama Kimora Hazel Amber Lee yang kini masih balita. Sementara itu, Moa sudah terlebih dahulu memiliki dua anak perempuan dari pernikahan terdahulu dengan aktor Irwan Chandra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juara MotoGP Jerman, Marc Marquez Pertegas Dominasi

Posted: 07 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Jagoan Tim Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil meraih podium juara di MotoGP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sanchsenring, Minggu (7/7/2019) malam WIB. Pembalap asal Spanyol itu mencatatkan waktu 41 menit 8,276 detik.

Hasil ini sekaligus mempertegas dominasi Marquez di MotoGP Jerman. Dari 10 balapan terakhir di Sirkuit Sanchsenring, baik itu di kelas 125 cc, Moto2, dan MotoGP, The Baby Alien berhasil meraih pole position dan selalu finis terdepan.

Sementara itu, podium kedua menjadi milik pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales, yang tertinggal 4,587 detik dari Marquez. Cal Crutchlow yang membela Tim LCR Honda finis di urutan ketiga dan terpaut 7,741 detik dari Marquez.

Legenda MotoGP, Valentino Rossi, harus puas menghuni peringkat delapan. The Doctor tertinggal hingga 19,110 detik dari sang rival. 

Kemenangan ini membuat Marc Marquez semakin kukuh berada di puncak klasemen sementara pembalap MotoGP dengan nilai 185. Dia unggul 58 poin atas Andrea Dovizioso di tempat kedua. Disusul Danilo Petrucci, Alex Rins, dan Maverick Vinales yang melengkapi posisi lima besar klasemen.

Jalannya Balapan

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjuarai MotoGP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7/2019) malam WIB.(AP Photo/Jens Meyer)

Selepas start, Marc Marquez yang meraih pole position langsung melesat memimpin jalannya lomba. Tepat dibelakang Marquez diisi Maverick Vinales, Jack Miller, Alex Rins, dan Cal Cruthlow.

Masih pada lap pertama, Marquez mendapat tekanan dari Vinales. Meski begitu, pembalap asal Spanyol itu masih mampu menjaga keunggulan di posisi terdepan.

Memasuki lap kedua, Fabio Quartararo harus menyudahi balapan lebih awal. Kurangnya daya cengkram ban belakang membuat Quartararo terlempar ke gravel ketika hendak memasuki Tikungan 3.

Saat balapan memasuki lap keempat, Alex Rins berhasil mengambil alih posisi kedua dari Maverick Vinales. Rins sukses menyalip Vinales pada Tikungan 12.

Sementara itu, Valentino Rossi masih berkutat di barisan tengah para pembalap. Rossi yang menempati posisi start 11, berhasil menempati peringkat sembilan saat balapan memasuki lap ketujuh.

Ketika lomba menyisakan 20 lap lagi, Marquez makin menjauh dari kejaran rival-rivalnya. Dia unggul hingga 2,542 detik atas Alex Rins yang berada di peringkat kedua.

Pada lap ke-19, Alex Rins terjatuh dari motornya ketika hendak memasuki Tikungan 12. Sebelumnya, pembalap asal Spanyol itu juga gagal finis di MotoGP Belanda pada 30 Juni 2019.

Hingga melewati bendera kotak-kotak, Marc Marquez tetap berada di posisi terdepan dan berhak atas podium juara. Tepat berada di belakang Marquez diisi Maverick Vinales dan Cal Crutchlow.

Hasil Balapan:

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, melakukan selebrasi usai finis pada MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (30/6/2019). Vinales sukses menjadi juara dengan catatan waktu 40 menit 55,415 detik. (AP//Peter Dejong)

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 41 menit 8,276 detik

2. Maverick Vinales (Monster Yamaha) +4,587 detik

3. Cal Crutchlow (LCR Honda) +7,741 detik

4. Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) +16,577 detik

5. Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) +16,669 detik

6. Jack Miller (Pramac Ducati) +16,836 detik

7. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +17.156 detik

8. Valentino Rossi (Monster Yamaha) +19,110 detik

9. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) +20,634 detik

10. Stefan Bradl (Repsol Honda) +22,708 detik

11. Tito Rabat (Reale Avintia Ducati) +26,345 detik

12. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) +26,574 detik

13. Andrea Iannone (Factory Aprilia Gresini) +32,753 detik

14. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +32,925 detik

15. Karel Abraham (Reale Avintia Ducati) +37,934 detik

16. Hafizh Syahrin (Red Bull KTM Tech3) +41,615 detik

17. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) +41,615 detik

18. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) +57,377 detik

Gagal finis

Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) - 2 lap

Alex Rins (Suzuki Esctar) - 12 lap

Johann Zarco (Red Bull KTM Factory) - 28 lap

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) - 29 lap

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Momen Kebersamaan Sutopo Purwo Nugroho Dengan Raisa

Posted: 07 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Raisa Andriana menyampaikan bela sungkawa atas kepergian Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho untuk selama-lamanya.

Diketahui, Sutopo merupakan fans berat dari Raisa. Pelantun lagu "Mantan Terindah" itu pun sempat menyapa Sutopo Purwo Nugroho melalui video call. Setelah mendengar kabar duka tersebut, Raisa mengucapkan rasa dukanya melalui media sosial miliknya.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Sutopo PN. Semoga beliau diterima di sisi-Nya. Aamiin," tulis Raisa di Twitter, Minggu (7/7/2019).

Kabar meninggalnya Sutopo, membuat warganet kembali mengenang momen-momen kebersamaan Raisa dan Sutopo saat bertemu langsung. Berikut momen kenangan tersebut yang bisa Anda saksikan di channel Celeb360 di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Dimakamkan

Posted: 07 Jul 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala BNPB Doni Monardo mengiringi pemakaman jubir BNPB Sutopo Purwo Nugroho di TPU Sasonolayu Siswodipuran Boyolali. Ikut mengantar juga gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Lantai Masjidil Haram Selalu Dingin

Posted: 07 Jul 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masjidil Haram, Mekah digunakan untuk prosesi tawaf dan sa'i. Namun tak perlu takut kepanasan menginjak keramik marmer saat prosesi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bermodalkan Roti Tawar, Wanita Ini Buat 7 Lukisan dengan Detail Menakjubkan

Posted: 07 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apa yang kamu lakukan pertama kali kalau diberi roti tawar? Tentu yang akan kamu lakukan ialah mengolesinya dengan selai atau menaburi keju lalu dimakan. Namun bagi wanita bernama Eiko Mori, roti tawar bisa disulap menjadi sebuah lukisan yang menarik.

Ya, Eiko Mori sangat gemar sekali melukis di roti tawar dengan bahan-bahan seperti selai, keju, cream dan masih banyak bahan lainnya. Dengan tangan terampilnya, Eiko mampu membuat roti tawar menjadi bernilai estetik.

Eiko Mori membuat banyak lukisan di roti tawar, seperti bentuk karakter animasi hingga bentuk bangunan. Wanita asal Jepang ini selalu mengunggah karya roti tawarnya di Instagram @estyle1010. Berkat karya roti tawarnya, kini Eiko sudah miliki lebih dari 20 ribu followers.

Penasaran kan bagaimana hasil lukisan Eiko di roti tawar? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @estyle1010 karya seni dari roti tawar yang dibuat Eiko Mori, Senin (8/7/2019).

1. Coba tebak siapa yang dilukis Eiko? Ya, karakter Giant di kartun Doraemon

Bermodalkan Roti Tawar, Wanita Ini Buat 7 Lukisan dengan Detail Menakjubkan (sumber: Instagram.com/estyle1010)

2. karakter satu ini memang sangat terkenal di Jepang

Bermodalkan Roti Tawar, Wanita Ini Buat 7 Lukisan dengan Detail Menakjubkan (sumber: Instagram.com/estyle1010)

3. Kucing lengkap dengan pengikat kepala terlihat sangat menggemaskan

Bermodalkan Roti Tawar, Wanita Ini Buat 7 Lukisan dengan Detail Menakjubkan (sumber: Instagram.com/estyle1010)

4. Panda ini terlihat sangat lucu berada di atas roti tawar

Bermodalkan Roti Tawar, Wanita Ini Buat 7 Lukisan dengan Detail Menakjubkan (sumber: Instagram.com/estyle1010)

5. Eiko mampu membuat pohon sakura yang sedang bermekaran

Bermodalkan Roti Tawar, Wanita Ini Buat 7 Lukisan dengan Detail Menakjubkan (sumber: Instagram.com/estyle1010)

6. Sepeda dengan roda berwarna oranye menambah kesan ceria pada roti tawar

Bermodalkan Roti Tawar, Wanita Ini Buat 7 Lukisan dengan Detail Menakjubkan (sumber: Instagram.com/estyle1010)

7. Salah satu pusat perbelanjaan di Jepang, Celebration Market mampu dilukis Eiko dengan sangat apik

Bermodalkan Roti Tawar, Wanita Ini Buat 7 Lukisan dengan Detail Menakjubkan (sumber: Instagram.com/estyle1010)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

California Tetapkan Status Darurat Usai Diguncang 2 Gempa Bermagnitudo Besar

Posted: 07 Jul 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Dua gempa bermagnitudo besar mengguncang wilayah California Selatan, Amerika Serikat (AS). Pihak berwenang di negara bagian California masih menilai kerusakan infrastruktur akibat gempa terbesar dalam kurun hampir 20 tahun yang mengguncang Sacramento hingga Meksiko ini.

Gubernur California, Gavin Newsom menyatakan status darurat dan memperingatkan warga agar waspada terhadap potensi guncangan baru, setelah wilayah selatan negara bagian itu dilanda dua gempa signifikan dalam beberapa hari.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (8/7/2019), Newsom juga mendesak penetapan kondisi darurat oleh presiden AS, yang berarti akan membuka dana federal untuk dukungan terhadap masyarakat yang terkena dampak gempa.

Newsom mengatakan kepada wartawan bahwa dua gempa yang berdekaan itu adalah "panggilan kewaspadaan" terhadap seluruh wilayah California dan Pantai Barat AS yang rawan lindu.

Penduduk Ridgecrest, sebuah kota dengan penduduk berjumlah sekitar 27.000 jiwa, dan berlokasi 150 mil (sekitar 240 kilometer) timur laut Los Angeles, terbangun karena kerusakan baru setelah gempa magnitudo 7,1 menghantam pada Jumat malam, atau sekitar 34 jam setelah guncangan gempa pendahulunya yang bermagnitudo 6,4 di dekat Taman Nasional Death Valley.

Kepala pemadam kebakaran daerah Kern, David Witt mengatakan, tidak ada laporan korban jiwa, tetapi kerusakan belum sepenuhnya dinilai.

"Kami memang merasa ada kerusakan tetapi kami belum tahu sejauh mana kerusakan itu," kata Witt pada konferensi pers, menurut CNN.

"Tidak ada yang terjebak, tidak ada yang runtuhan besar yang kami deteksi, tetapi kami masih terus mencari di luar sana," lanjut Witt.

Witt mengatakan para pejabat sedang memeriksa sebagian besar bangunan utama kota, dan korps insinyur tentara AS sedang memeriksa bendungan terdekat.

 

 

Risiko Goncangan Lebih Signifikan pada Pekan Depan

Dampak gempa di California selatan, Kamis 4 Juli 2019 (AP PHOTO)

Para ahli memperingatkan bahwa wilayah California selatan berisiko mengalami goncangan yang lebih signifikan dalam waktu dekat.

"Ada sekitar satu dari 10 peluang bahwa lindu setara lainnya dapat menghantam pada pekan depan, dan kemungkinan gempa magnitudo 5,0 tinggal menghitung waktu," jelas Lucy Jones, seismolog di California Institute of Technology dan mantan penasihat sains di Survei Geologi AS, kepada wartawan.

Dia menambahkan bahwa gempa baru mungkin pecah sepanjang sekitar 25 mil (setara 40,2 kilometer) dari lempeng California, dan merupakan bagian dari rangkaian yang berkelanjutan.

Jones mengatakan kepada surat kabar Los Angeles Times bahwa gerakan lempeng yang menyebabkan gempa tampaknya semakin besar.

"Ini terjadi di ujung zona yang telah bergerak sebelumnya," katanya, menambahkan bahwa lempeng terkait begeser sekarang meluas antara 25 sampai 30 mil dan "terus tumbuh".

Dalam beberapa jam setelah gempa magnitudo 7,1, seismologis mencatat lebih dari 600 gempa susulan.

Gempa itu diperkirakan tidak akan memicu patahan yang lebih luas, tetapi Jones mengatakan California selatan harus bersiap menghadapi lebih banyak gempa.

"Ini adalah gempa bemagnitudo 6 pertama dalam 20 tahun terakhir, dan merupakan interval terpanjang yang pernah kami miliki," kata Jones.

"Kemungkinannya adalah, kita akan mengalami lebih banyak gempa dalam lima tahun ke depan daripada yang pernah kita alami dalam lima tahun terakhir," lanjutnya menjelaskan.

Lindu Terkuat dalam 20 Tahun Terakhir

Dampak gempa di California selatan, Kamis 4 Juli 2019 (AP PHOTO)

Dua lindu pada pekan lalu merupakan yang paling kuat di California sejak 1994, ketika gempa Northridge berkekuatan 6,7 melanda lembah San Fernando yang berpenduduk padat, menyebabkan 57 kematian dan kerusakan bernilai miliaran dolar AS.

"Jangan sampai dikuasai oleh rasa takut," kata Josh Rubenstein, juru bicara departemen kepolisian Los Angeles (LAPD), menulis di Twitter.

"Bekali diri Anda dengan pengetahuan dan rencana (evakuasi terkait gempa). Bicaralah tentang apa yang akan Anda lakukan ketika terjadi guncangan besar," imbaunya.

Di Ridgecrest, sebagian besar kerusakan akibat gempa pada hari Kamis berasal dari saluran gas yang pecah. Di sana, sebanyak 3.000 orang juga dilaporkan kehilangan daya listrik.

Banyak warga mengatakan mereka akan tidur di luar daripada mengambil risiko tetap berada di dalam rumah mereka.

Di Los Angeles, gempa itu terasa oleh banyak ruang perkantoran yang menempati gedung-gedung tinggi di pusat kota, di mana lindu berlangsung sekitar 30 detik.

Getaran gempa juga dilaporkan terasa hingga Las Vegas, di mana membuat pemain dan staf pertandingan basket NBA antara New York Knicks dan New Orleans Pelicans tertahan beberap waktu.

Ditambahkan oleh Survei Geologi AS, bahwa gempa juga dirasakan sebagian wilayah Meksiko utara.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Bakal Sulap Hibah Aset Jadi Lapangan Sekolah

Posted: 07 Jul 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya atau Pemkot Surabaya, Jawa Timur akan menggunakan aset atau hibah bangunan tua dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menjadi lapangan SDN Kertajaya. Hal ini lantaran sekolah tersebut belum ada lapangannya.

Pemkot Surabaya menerima hibah bangunan tua dari kementerian keuangan usai pihak Kementerian Keuangan berkunjung ke rumah dinas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Kamis 4 Juli 2019.

Risma menuturkan, awalnya melihat aset tanah Pemkot Surabaya yang ada bangunan rumah milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Karena sudah lama kosong dan tidak ditempati, Pemkot Surabaya pun ajukan hibah kepada Kemenkeu.

"Ternyata pengajuan kami diterima. Alhamdullilah, terima kasih banyak," ujar Risma, seperti dikutip dari laman Pemkot Surabaya, seperti ditulis Senin (8/7/2019).

Ia menuturkan, setelah aset itu diserahkan kepada Pemkot Surabaya, aset tersebut akan langsung dialihfungsikan menjadi lapangan SDN Kertajaya. Ini karena sekolah favorit itu tidak ada lapangannya, sehingga ruang gerak dan interaksinya masih kurang.

"Aset ini nanti akan kami gunakan untuk lapangan sekolahan, supaya anak-anak senang," ujar dia.

Butuh Proses Setahun

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Sementara itu, Kepala Bagian Pemindah Tanganan dan Penghapusan Barang Milik Negara Kementerian Keuangan, M.Lucky Akbar menuturkan, aset yang dihibahkan ini adalah sebuah rumah dinas dan rumah negara milik Dirjen Pajak yang berada di atas tanah milik Pemkot.

Rumah tersebut lama tidak digunakan dan ketimbang mangkrak lalu rusak, kemudian dihibahkan kepada Pemkot Surabaya.

"Ini bentuk kepedulian kami dari Kementerian Keuangan. Dengan banyaknya aset yang kami miliki, kami bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, termasuk dengan Pemkot Surabaya," tutur dia.

Lucky menuturkan, proses hibah ini awalnya pengajuan dari Pemkot Surabaya. Kemudian, Kementerian Keuangan mempelajari dan ternyata memang tidak dibutuhkan, sehingga aset itu akhirnya diserahkan kepada Pemkot Surabaya.

"Kira-kira prosesnya setahun karena kita harus melihat aspek lain, seperti apakah ada masalah atau tidak misalnya tunggakan listriknya atau masalah lainnya. Kami juga tidak ingin saat diserahkan masih ada masalah. Sekarang sudah oke semuanya dan kami hibahkan," ujar dia.

Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya, Maria Theresa Ekawati Rahayu menuturkan, Pemkot Surabaya mengajukan hibah itu pada 23 Mei 2018. Satu tahun kemudian pada 19 Maret 2019, Pemkot mendapatkan surat penyetujuan dan baru dilakukan penandatanganan hibah dan berita acara serahterima hibah itu pada Kamis 4 Juli 2019.

"Rumah yang dihibahan itu rumah negara golongan II Tipe A Permanen dengan luasan mencapai 212 meter persegi. Setelah diserahkan ini, kami langsung melakukan pengamanan aset, baik administrasi maupun pemasangan papan keterangan aset milik Pemkot," kata dia.

Pemerintah Cari Dana Hibah untuk Program Pembangunan Berkelanjutan

Pemandangan gedung bertingkat di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (14/3). Bank Indonesia (BI) optimistis ekonomi Indonesia akan lebih baik di tahun 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Pemerintah mencar‎i dana hibah untuk menjalankan program Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Hal ini untuk menyiasati kekurangan anggaran negara.

‎Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Andri Wahyono mengatakan, kegiatan SDGs terus dijalankan, jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak mencukupi, akan dicarikan dana dengan skema blended finance.

"I‎ntinya dari kegiatan ini kalau memang dari APBN tidak mencukupi maka nanti kita promosikan agar pembangunannya layak didanai oleh blended finance," kata Andri, di Jakarta, Senin, 17 Juni 2019.

Andri mengungkapkan, sumber pendanaan yang diincar berasal dari hibah di dalam negeri dan luar negeri di antaranya Bank Dunia. Namun, dia belum menyebutkan besaran target dana hibanya. Dana tersebut  akan diprioritaskan untuk perbaikan lingkungan laut dan karang.

"L‎ingkungan untuk ocean ini masih kurang dibanding dengan sektor lain dan memang ini banyak tantangan," tuturnya.

Andri melanjutkan, selain dana hibah anggaran untuk menjalankan program SGDs juga berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mengakomodir program tersebut.

"Itu hibah tidak utang, tapi dengan tanggung jawab ada hasil yang jelas, itu difokuskan mengenai masalah lingkungan salah satunya coral. Makanya nanti dikoordinasikan dengan Kemendagri termasuk dengan kementerian masing-masing juga. Karena penganggarannya itu bagaimana? Apakah APBD, APBN. Sebab, walaupun itu hibah nanti juga harus ada pendampingan," kata dia.

Untuk ketahui SDGs yang diadopsi oleh PBB pada September 2015, merupakan kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs) yang berakhir pada  2015.

SDGs diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan  tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan (No-one Left Behind) yang terdiri dari 17 tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: