Jumat, 26 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polisi Penembakan Bripka Rachmat Effendy Terancam Hukuman Mati

Posted: 26 Jul 2019 10:20 PM PDT

Patroli Indosiar, Depok - Brigadir Rangga Tianto, pelaku penembakan terhadap Bripka Rachmat Effendy terancam hukuman mati dan pemecatan secara tidak hormat.  Sementara, kepolisian berencana menaikkan pangkat Bripka Rachmat Effendy yang gugur saat menjalankan tugas.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (27/7/2019), Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara atau (Kakor Polairud) Irjen Pol Zulkarnaen yang datang melayat ke rumah duka Bripka Rachmat Effendy mengakui pelaku penembakan Brigadir Rangga Tianto adalah anak buahnya.

Irjen Pol Zulkarnaen mengatakan Brigadir Rangga masih menjalani pemeriksaan di  Direktorat Pidana Umum Polda Metro Jaya. Terkait menghilangkan nyawa orang lain, pelaku terancam hukuman seumur hidup atau hukuman mati.  

Insiden penembakan yang menimpa Bripka Rachmat terjadi, Kamis malam di ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Polsek Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Petaka terjadi saat Brigadir Rangga berupaya ingin membebaskan pelaku tawuran yang tengah ditangani korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

La Reina del Flow, Telenovela Musikal yang Kini Hadir di Vidio Premier

Posted: 26 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - La Reina del Flow adalah salah satu daftar telenovela yang wajib untuk ditonton. Telenovela ini merupakan serial musikal, yang memanjakan para penontonnya dengan musik-musik yang asyik.

Telenovela ini bercerita mengenai seorang perempuan bernama Yeimy Montoya (Carolina Ramírez) yang merupakan perempuan pemalu dan juga naif. Namun dibalik sifat pemalunya, Yeimy memiliki kemampuan menulis lagu yang hebat.

Terlepas dari itu semua, cerita keluarganya cukup menyedihkan. Orang tuanya dibunuh dan dia ditipu oleh orang yang dicintainya. 

Penasaran dengan kisah hidup Yeimy selanjutnya? La Reina del Flow kini hadir di Vidio Premier.  Vidio Premier merupakan salah satu produk unggulan Vidio yang menyajikan konten eksklusif yang berkualitas.

Untuk menyaksikan telenovela La Reina del Flow, Anda cukup berlangganan mulai dari harga Rp 29 ribu. Jika sudah berlangganan, langsung saja klik tautan ini atau kunjungi www.vidio.com dan pilih Vidio Premier.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Kasus Polisi Tembak Polisi Hingga Tewas di Depok

Posted: 26 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu netizen dihebohkan atas berita mengenai seorang polisi yang menembak rekannya di Polsek Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada Kamis (25/7/2019) lalu. Bripka Rachmat Effendy tewas di tempat setelah ditembak oleh rekan polisinya bernama Brigadir Rangga Tianto. Brigadir Rangga merupakan salah satu anggota dari Polairud.

Berita mengenai adanya polisi yang menembak rekannya juga disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono. Bahkan di tempat kejadian perkara, polisi menemukan tujuh selongsong senjata api.

 

Hingga kini, pihak kepolisian pun masih mendalami kasus penambakan yang menewaskan Bripka Rachmat Effendy. Jenazah Bripka Rachmat sendiri telah dimakamkan selepas salat Jumat pada Jumat (26/7/2019) kemarin. Duka mendalam tentu saja menyelimuti pemakaman dari Bripka Rachmat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (27/7/2019) berikut ini beberapa fakta mengenai kasus polisi tembak rekannya hingga tewas.

Kronologi kejadian

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Penembakan yang menewaskan Bripka Rachmat sendiri terjadi di ruang SPK Polsek Cimanggis, Depok. Berdasarkan keterangan dari Kabid Humas Polda Metro Jaya, Argo Yuwono, kejadian penembakan bermula ketika Bripka Rachmat mengamankan seorang pelaku tawuran bernama FZ pada Kamis (25/7/2019) pukul 20.30 WIB dengan barang bukti celurit.

Selang beberapa lama, orang tua dari FZ datang bersama Brigadir Rangga Tianto selaku paman FZ. Mereka meminta agar FZ dilepaskan dan bisa dibina oleh kedua orang tuanya.

"Namun Bripka Rachmat langsung menjawab bahwa proses sedang berjalan dan saya sebagai pelapornya dengan nada agak keras bicaranya," jelas Argo Yuwono.

Jawaban dari Bripka Rachmat rupanya membuat Brigadir Rangga meradang dan tersulut emosi. Ia pun langsung masuk ke ruangan sebelah, setelah itu mengeluarkan senjata api dan langsung menembak Bripka Rachmat. Diketahui, penembakan tersebut terjadi dengan menggunakan senjata api jenis HS 9.

Ditemukan 7 Selongsong Senjata Api

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Dalam kasus penembakan yang menewaskan Bripka Rachmat di ruang SPK Polsek Cimanggis, ditemukan sebanyak tujug selongsung senjata api.

"Selongsong sesuai dengan yang ditemukan, tujuh selongsong dan mengenai bagian dada, leher, paha dan perut, sehingga korban meninggal di tempat," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat (26/7/2019).

Selepas penembakan, jenazah Bripka Rachmat pun dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk dilakukan otopsi jenazah.

Sosok Bripka Rachmat

Korban penembakan polisi, Bripka Rachmat merupakan anggota kepolisian yang cukup disiplin. Rachmat sendiri ditugaskan di Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya. Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Made Agus pun menuturkan mengenai pribadi dari Bripka Rachmat.

"Keseharian yang bersangkutan, dia orangnya baik, disiplin," kata Made Agus saat dihubungi, Jumat (26/7/2019).

Bahkan, Rachmat yang telah bertugas menjadi anggota di Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya sejak 2008 lalu juga tak memiliki catatan buruk.

"Enggak ada, enggak ada catatan apa-apa, dia bagus kok, Sehari-hari menjaga lingkungan dan aktif untuk menjaga Kamtibmas di tempat dia tinggal," ungkap Made Agus.

Tak hanya dikenang sebagai sosok yang disiplin dalam bertugas. Bripka Rachmat juga dikenal sebagai sosok yang baik di lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini juga diunggapkan oleh Sumarma selaku Ketua RT tempat Bripka Rachmat tinggal. "Baik banget orangnya. Sangat baik. Ya pulang kerja juga suka kumpul sama warga. Pos ini (pos pokdar) hasil inisiatif beliau. Baik banget lah," ucapnya.

Brigadir Rangga adalah Paman dari Pelaku Tawuran yang Diamankan Bripka Rachmat

Pelaku, Brigadir Rangga merupakan anggota polisi di Mabes Polri. Menurut Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra, Brigadir Rangga Tianto merupakan paman FZ.

"Pelaku atas nama Brigadir Rangga ini merupakan paman dari saudara FZ yang diamankan oleh Bripka Rachmat," kata Asep di Kantor Divhumas Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 26 Juli 2019.

FZ adalah seorang remaja yang diamankan oleh Rachmat di Polsek Cimanggis karena terlibat tawuran. Rachmat memproses kasus tawuran itu karena, terdapat barang bukti sebuah celurit di tangan FZ.

Izin Penggunaan Senjata Api

Kadiv Propam Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan jika pihak kepolisan akan mendalami mengenai proses penerbitan izin senjata yang diberikan kepada oknum polisi Brigadir Rangga Tianto. Hal ini dilakukan pasca penembakan yang dilakukannya terhadap Bripka Rahmat Effendy.

"Proses penerbitan izin senjata akan kami dalami apakah yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak. Bagi yang cenderung emosional, lebih baik dicabut (izin penggunaaan senjata). Penggunaan senpi ada standar operasional prosedurnya, harus benar-benar ditaati," kata Irjen Listyo, di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Ancaman Hukuman

Kasus penembakan yang melibatkan Brigadir Rangga hingga saat ini masih menjalani penyelidikan. Hal ini juga disampaikan oleh Kakor Polairud Baharkam Polri Irjen Zulkarnaen Adinegara saat tengah melayat ke rumah dika di Jalan Karsa, Sukamaju Baru, Tapos, Depok.

"Ke reserse untuk pidana umumnya. Untuk etika dan disiplin kita ke propam. Yang demikian itu mungkin bisa dipastikan pemecatan, itu makannya melalui sidang kode etik," katanya

Pihak kepolisian juga masih mendalami soal senjata yang digunakan oleh pelaku. Pasalnya, Rangga melakukan penembakan terhadap Bripka Rachmat saat tidak bertugas.

"Seharusnya tidak boleh bawa senjata. Kecuali tugas, misalnya lagi patroli di laut. Sedang diperiksa juga apakah ada surat izinnya,Propam sedang melakukan proses pemeriksaan. Tentu saja penanganan kasusnya, ditangani oleh direktorat krimum PMJ," uajarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Bumi Panjang Umur, Jadikan Hemat Plastik Gaya Hidupmu

Posted: 26 Jul 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi Bumi Panjang Umur, Jadikan Hemat Plastik Gaya Hidupmu

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki luas laut 5,8 juta km2 dengan jumlah pulau 17.504 dan garis pantai 95.000 km terpanjang di dunia. Anugerah tersebut menjadikan Indonesia memiliki kekayaan sumber daya ikan yang beraneka ragam dan melimpah.

Namun, dengan potensi yang luar biasa itu, Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang sampah laut terbanyak di dunia. Banyak ditemukan hewan laut yang mati karena sampah plastik.

Hewan laut terjerat atau tercekik oleh sedotan plastik misalnya. Belum lagi sampah plastik yang tidak terurai membuat terumbu karang rusak, ekosistem laut tempat makanan ikan rusak. Ditambah partikel plastik kecil (microplastics) yang tertelan oleh ikan laut menyebabkan ikan dan hewan laut lainnya mati.

Itu adalah faktor penyebab dari sampah plastik yang terjadi hari ini. Bayangkan jika kemudian ikan laut itu dikonsumsi yang terpapar mikroplastik, dan akan menganggu kekebalan tubuh. Jangan sampai laut Indonesia yang kaya dengan keanekaragaman hayati dan potensinya, hanya menjadi cerita bagi anak cucu.

Jika sampah plastik tak dapat dikurangi, diprediksi pada 2050 atau 30 tahun lagi, laut lebih banyak dipenuhi sampah dibanding ikan. Tak hanya sebatas ikan. Perubahan dapat pula terjadi pada rantai makanan yang berpotensi menjadi ancaman besar penurunan kualitas hidup manusia dan populasinya.

Artinya terjadi efek domino yang mengerikan. Maka, jangan sampai hal tersebut terjadi. Sampah tak hanya menjadi penanganan pemerintah saja. Tak cukup sampai peraturan pada undang-undang.

Penanganan sampah jadi pekerjaan bersama. Untuk menjaga kelangsungan bumi, Uni Eropa sudah bergerak ke arah pelarangan kantong plastik sekali pakai. Bahkan 10 produk plastik di antaranya piring, tongkat balon, wadah makanan dan minuman yang terbuat dari polystyrene.

Ayo Peduli Sekarang!

Dalam rangka mengajak masyarakat menjaga lingkungan serta mengurangi penggunaan plastik, pemerintah pusat memogramkan Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB). Untuk memberi dorongan pada masyarakat agar makin peduli, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadi penggerak dan pengagas kampanye Satu Juta Tumbler: Generasi Bijak Plastik.

Tujuan kampanye Satu Juta Tumbler: Generasi Bijak Plastik dari Kominfo bukan sekadar mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membatasi penggunaan wadah plastik sekali pakai, dalam kehidupan sehari-hari. Kominfo juga ingin membekali para #GenerasiBijakPlastik untuk memproduksi konten edukatif dan kreatif tentang lingkungan hidup.

Melalui konten edukatif dan kreatif, target kampanye Satu Juta Tumbler: Generasi Bijak Plastik jadi lebih tepat sasaran. Secara tidak langsung, #GenerasiBijakPlastik mengefektifkan kampanye lingkungan melalui media sosial.

Satu Juta Tumbler: Generasi Bijak Plastik ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sebagai informasi, pada hari Minggu tanggal 28 Juli 2019 bakal digelar peluncuran Gerakan Satu Juta Tumbler: Generasi Bijak Plastik di Ring Road 6-7 Gelora Bung Karno, Jakarta. Acara dimulai pukul 06.00-08.00 WIB.

Ada sejumlah acara menarik yang layak diikuti lho, seperti senam aerobik hingga zumba. Selain itu, Anda juga bisa mendengar sambutan langsung dari sejumlah narasumber dari kementerian, serta peluncuran Gerakan Satu Juta Tumbler: Generasi Bijak Plastik.

Dengan digelarnya acara ini, Kominfo berharap semua pihak untuk lebih peduli pada isu lingkungan dan hidup bersih. Kominfo sekaligus ingin menjadikan gaya hidup hemat plastik sebagai gaya hidup atau lifestyle, untuk selamatkan lingkungan dan wujudkan Indonesia bebas plastik.

Yuk, mulai melakukan hal kecil untuk hasil besar, dengan mengikuti acara peluncuran Gerakan Satu Juta Tumbler: Generasi Bijak Plastik ini. Cara ikutan acara ini, gampang kok. Anda tinggal registrasi ke sini. Selain dapat tumbler, kaos, goodie bag dan snack, Anda berkesempatan mendapat door prize menarik!

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICC 2019: Atletico Hajar Real Madrid 7-3, Zidane Bicara Penampilan Eden Hazard

Posted: 26 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, New Jersey- Zinedine Zidane ogah menyalahkan satu pemain Real Madrid pun saat dibantai Atletico Madrid 3-7 pada laga pramusim International Champions Cup (ICC) 2019 di Metlife Stadium, New Jersey, Sabtu (27/7/2019). Dia lebih tertarik untuk melihat permainan Real Madrid secara kolektif.

Zidane juga tak mau salahkan Eden Hazard. Penampilan pemain termahal Real Madrid ini belum juga meyakinkan. 

"Eden Hazard tidak bermain buruk. Pemain lain juga demikian. Kami memulai pertandingan dengan salah," ujar Zidane seperti dikutip Marca.

"Atletico Madrid memang lebih baik dalam segala hal. Itu saja. Tak ada lagi yang bisa dikatakan."

Ini menjadi kekalahan kedua Real Madrid di sesi pramusim ICC 2019. Sebelumnya, Madrid juga kalah 1-3 dari Bayern Munchen.

 

 

Ogah Tonton Ulang

Atletico Madrid gasak Real Madrid 7-3 di pramusim ICC 2019 (AFP)

Zidane menyerukan pemain agar tidak mengingat-ingat kejadian di pertandingan melawan Atletico Madrid. Dia tahu pemain sangat kecewa dengan kekalahan telak.

"Atletico Madrid cetak 7 gol, itu tak mungkin terjadi. Pemain tahu itu dan sangat kecewa. Namun mereka tak mengecewakan saya," ujar pelatih asal Prancis itu.

"Tak perlu lagi melihat duel tadi. Ini laga pramusim dan kami harus tenang."

Kurang Intensitas

Zidane menyoroti kurangnya intensitas bermain Real Madrid di pertandingan kemarin. Pemain terlambat panas di pertandingan.

"Kami memulai laga dengan sangat buruk. Setelah 8 menit, kami kebobolan 2-0 dan tak ada reaksi dari kami untuk mengubah sesuatu," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Diskon Mitsubishi Pajero Sport dengan Toyota Fortuner di GIIAS 2019

Posted: 26 Jul 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Segmen medium SUV kini dikuasai oleh dua model asal Jepang, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Keduanya selalu bersaing menjadi yang teratas dalam daftar penjualan kendaraan di Indonesia.

Bahkan, di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, keduanya mendapatkan promo dan potongan harga yang menarik untuk menjaring konsumen. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, bagi konsumen yang berminat untuk memboyong salah satu dari model tersebut, bisa mendapatkan diskon hingga puluhan juta.

"Kalau Toyota Fortuner diskonnya sampai Rp35 juta. Itu sudah yang paling besar, baik untuk pembelian secara tunai ataupun kredit," jelas salah satu tenaga penjual di booth Toyota di GIIAS 2019, ICE, BSD, Tangerang Selatan, Jumat (26/7/2019).

Sementara itu, untuk Mitsubishi Pajero Sport mendapatkan diskon yang lebih kecil, dan berbeda antara tipe 4x2 dan 4x4.

"Kalau Pajero Sport Dakar 4x2 diskonnya mulai Rp20 juta sampai Rp30 juta, sedangkan untuk Dakar 4x4 diskonnya hanya Rp20 jutaan," pungkas tenaga penjual Mitsubishi.

Sebagai informasi, Toyota Fortuner dipasarkan dengan delapan tipe, dengan banderol harga mulai Rp562,03 juta sampai Rp550,05 juta. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport, dijual dengan enam tipe, dengan harga Rp481,5 juta sampai Rp692 juta.

Berburu Mobil LCGC di GIIAS 2019, Intip Daftar Diskonnya

Nah, bagi calon konsumen yang berminat untuk mencari mobil LCGC, Liputan6.com sudah merangkum diskon yang ditawarkan agen pemegang merek (APM) di GIIAS 2019.

Memiliki dua model yang ditawarkan potongan harga yang diberikan Daihatsu untuk Sigra dan Ayla berada di kisaran Rp7 juta.

"Diskon hampir sama sekitar Rp7 jutaan. Memang kami enggak bisa kasih diskon besar kalau untuk Sigra dan Ayla," kata tenaga penjual Daihatsu.

Menjadi kembarannya, Toyota Calya dan Agya mendapat diskon lebih besar. Khusus pameran otomotif GIIAS, diskon yang diberikan untuk kedia mobil tersebut mencapai Rp10 jutaan.

Untuk salah satu mobil andalannya, Suzuki memberikan diskon hingga Rp10 juta untuk pembelian Karimun Wagon R. "Selain potongan harga, Karimun Wagon R berkesempatan mendapatkan Macbook Air 13 inci 128 GB," ujar tenaga penjual Suzuki.

Salah satu merek yang turut memeriahkan pasar mobil LCGC, Datsun hadir dengan diskon sebesar Rp5 juta.

"Kita ada lucky dip yang bisa didapatkan konsumen. Hadiahnya itu mulai dari Rp2 juta hingga Rp25 juta," tenaga penjual Datsun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4,9

Posted: 26 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Pangandaran pada pukul 10.44 WIB, Sabtu (27/7/2019).

Gempa tersebut berada di kedalaman 12 kilometer. Pusat lindu berada pada jarak 78 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi, merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup ke bawah lempeng Eurasia.

Hendro menyebutkan dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Jawa Barat dengan skala intensitas III MMI, sementara di Cilacap, Jawa Tengah dengan skala intensitas II MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ujar Hendro dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Sabtu, 27 Juli 2019.

Hendro melanjutkan hingga laporan ini dibuat pukul 11.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Imbauan pada Masyarakat

Hendro mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Untuk itu, masyarakat diminta memastikan informasi resmi gempa bumi dengan skala berkekuatan kurang dari lima, hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website http://balai2.bmkg.go.id/.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Remaja di Italia yang Kecanduan Gawai Bakal Direhabilitasi

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Remaja Italia yang kecanduan ponsel tampaknya harus mulai menyingkirkan kebiasaan mereka menggunakan benda itu. Kalau tidak, mereka akan dikirim ke tempat rehabilitasi.

Melansir New York Post pada Sabtu (27/7/2019), pemerintah Italia diketahui sedang menggodok regulasi yang bertujuan untuk melawan 'nomofobia' tersebut. Kondisi ini berarti rasa takut kehilangan ponsel dan tidak punya akses internet.

Rancangan Undang-Undang (RUU) itu menyatakan bahwa delapan dari sepuluh remaja di sana mengalami masalah kesehatan terkait teknologi. Politikus yang berperan dalam usulan itu juga mengatakan bahwa kondisinya semakin buruk dan harus diperlakukan seperti kecanduan.

"Kami setuju dengan penelitian yang menunjukkan bahwa mengharapkan 'likes' untuk sebuah unggahan di media sosial memicu senyawa kimia dopamin di otak. Itu sama dengan judi," kata Vittoria Casa, anggota parlemen dari Partai Gerakan Bintang Lima.

Kecanduan Ponsel di Remaja Italia

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Selain itu, sekolah-sekolah juga harus memberikan pendidikan khusus untuk mempelajari bahaya kecanduan ponsel dan kampanye pada orangtua. Bagi mereka yang sudah kecanduan nantinya akan dikirim ke pusat-pusat kesehatan.

Polisi juga nantinya diminta untuk memantau kejahatan yang terjadi secara daring. Mereka juga akan memantau penggunaan ponsel berlebihan.

Sebuah studi sendiri menemukan bahwa 15 remaja di Italia menghabiskan lebih dari 10 jam sehari di ponsel mereka. Sementara, setengah dari penduduk usia 15 hingga 20, memeriksa ponselnya sekitar 75 kali sehari dan 62 persen remaja, berkirim pesan hingga larut malam.

Giuseppe Lavenia, kepala dari kelompok yang mengawasi ketergantungan internet dan perjudian mengatakan, kebiasaan menggunakan ponsel juga membuat perhatian anak-anak menurun drastis.

"Ini memisahkan emosi nyata dari tampilan emosi, yang berarti remaja tidak bisa membentuk hubungan empatik yang sesungguhnya," kata Lavenia.

"Kita sekarang bisa membandingkannya dengan ikan yang berkonsentrasi selama sembilan detik."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Pelaku Kekerasan Seksual di Surabaya hingga Perampok Minimarket Sita Perhatian

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada pekan ini, sejumlah kasus kriminal menyita perhatian pembaca. Kasus kriminal tersebut mulai dari penangkapan oknum pembina pramuka yang melakukan kekerasan seksual terhadap belasan siswa di Surabaya.

Masih dari Surabaya, polisi juga berhasil menangkap dan menghentikan langkah aksi penipuan dan penggelapan mobil mewah oleh dua tersangka FA (40) warga Klakahrejo, Surabaya dan AH (39) warga Ketapang, Bandung.

Selain itu, polisi juga menangkap perampok minimarket di Surabaya yang melakukan aksinya beruntun pada pekan lalu. Kedua perampok minimarket yang berhasil ditangkap tersebut ternyata sudah lima kali melakukan tindakan pidana merampok minimarket.

Dari Sidoarjo, TNI bersama Polri menangkap dua pelaku penipuan yang mengaku sebagai anggota Badan Intelijen Nasional (BIN). Tak hanya itu, kasus narkoba dan pencurian di Surabaya pun terungkap pada pekan ini. Ingin tahu berita kriminal yang terjadi pada pekan ini, berikut berita kriminal yang dirangkum pada Sabtu (27/7/2019):

1.Polda Jatim Tangkap Oknum Pembina Pramuka yang Cabuli 15 Siswa di Surabaya

Anggota unit I Renakta (Remaja, Anak dan Wanita) Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Umum ( Direskrimum) Polda Jatim menangkap pria berinisial (RSS), pembina pramuka asal Surabaya, yang telah melakukan pencabulan terhadap 15 anak di bawah umur.

"Tersangka melakukan tindakan pencabulan sejak pertengahan tahun 2016 sampai dengan 13 Juli 2019," tutur Kabid Hmas Polda Jatim Kombes Pol F. Barung Mangera didampingi Kasubdit IV Ditkrimum Polda Jatim, AKBP Festo Ari Permana, Selasa, 23 Juli 2019.

RSS mengatakan pertama kali melakukan perbuatan cabul kepada anggota pramuka binaannya pada 2016. Korbannya siswa kelas 2 SMP. Saat melakukan perbuatannya, tersangka merayu korban untuk mengikuti grup pramuka inti.  Aksinya tersebut dilakukan di rumah tersangka di Kupang Segunting, Tegalsari, Surabaya.

Berita selengkapnya baca di sini

2.TNI Bersama Polri Tangkap Dua Anggota BIN Gadungan di Sidoarjo

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol, Frans Barung Mangera mengatakan, anggota unit Pidum Sat Reskrim dan anggota Sat Intelkam Polresta Sidoarjo bersama dengan anggota Kodim Sidoarjo, menangkap dua pelaku penipuan yang mengaku sebagai anggota Bandan Intelejen Nasional (BIN). 

Kedua tersangka tersebut adalah Sunarto (43) Desa Sugihwaras RT 14 RW 04, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Tersangka lainnya Imam Dhofir alias Bambang Supeno (54) asal jalan Bhayangkara RT 00 RW 00, Kelurahan Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Bandar Lampung.

"Penangkapan kedua tersangka itu terjadi pada hari Senin dan Selasa sore tadi sekitar pukul tiga sore," tutur Barung, Selasa, 23 Juli 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

Penangkapan Pengguna Narkoba

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

3.Bak Ular Minta Digebuk, Pengguna Narkoba Lewati Razia Polisi

Aparat Polres Bangkalan, Jawa Timur menangkap pengguna narkoba asal Surabaya saat melakukan razia di Kecamatan Labang, Bangkalan beberapa waktu lalu.

"Tersangka berinisial FZ (28) warga Jalan Gubeng Klingsingan, Kelurahan Gubeng, Kecamatan Gubeng, Surabaya," kata Kasubbag Humas Polres Bangkalan Iptu Suyitno, di Bangkalan, Selasa 23 Juli 2019, dilansir Antara.

Ia menjelaskan, tersangka menyimpan narkoba jenis sabu-sabu saat polisi menggelar razia di Jalan Desa Sendang Dajah, Kecamatan Labang, Bangkalan. Saat itu, petugas menemukan narkoba jenis sabu-sabu pada diri FZ dan akhirnya yang bersangkutan digelandang ke Mapolres Bangkalan.

Berita selengkapnya baca di sini

4.Polisi Cari Korban Lain Kekerasan Seksual oleh Pembina Pramuka di Surabaya

15 korban kekerasan seksual yang dilakukan seorang pembina pramuka asal Surabaya, Jawa Timur mendapatkan pendampingan psikologis oleh Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim.

Hal ini untuk mengurangi traumatik pada anak-anak yang masih di bawah umur itu. "Pada prinsipnya dari awal, dari kita terima laporan sudah mendatangi korban untuk dapat penanganan secara psikologis," ujar AKBP Festo Ari Permana, Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, seperti dikutip dari suarasurabaya.net, Rabu (24/7/2019).

Festo menuturkan, jumlah korban kemungkinan bisa bertambah. Ini karena dalam kasus kekerasan seksual dengan korban anak-anak, korban cenderung malu hingga takut untuk mengaku dan melapor.

"Iya, sebagian anak-anak beranggapan ini aib. Jadi ada yang menutupi," tutur Festo.

Berita selengkapnya baca di sini

5. Ngaku Butuh Biaya Nikah Anak, Pria Ini Bobol Jok Motor Curi Uang di Surabaya

Polisi menangkap MT (49), warga Jalan Kedondong Kidul Surabaya atas kasus pencurian. Pelaku yang bekerja sebagai tukang sampah ini nekat merusak jok motor yang terparkir di halaman toko di Jalan Kedungsari, Surabaya, Jawa Timur.

Kompol Rendy Surya, Kapolsek Tegalsari Surabaya menuturkan, korban memarkirkan kendaraannya. Tak jauh dari TKP, pelaku melihat korban sedang memasukkan sejumlah uang ke dalam jok motornya dan meninggalkan lokasi.

Pelaku memanfaatkan kelengahan petugas parkir yang saat itu sibuk membantu pengendara. Pelaku langsung mendekati motor kemudian memasukkan tangan ke jok motor korban dan mengambil uang senilai Rp 6,5 juta.

Berita selengkapnya baca di sini

Penangkapan Perampokan Minimarket

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

6.Polisi Tangkap Dua Pelaku Perampokan Minimarket di Surabaya

Polrestabes Surabaya menangkap dua pelaku perampokan minimarket pada Rabu malam, 24 Juli 2019. Sebelumnya perampokan minimarket di Surabaya terjadi beruntun pada pertengahan Juli 2019.

Namun, AKBP Sudamiran, Kasatreskrim Polrestabes Surabaya menuturkan, belum dapat menceritakan detail mengenai kasus tersebut. Rencananya pada Kamis siang, 25 Juli 2019 disampaikan langsung oleh Kapolrestabes Surabaya dalam konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya.

"Iya sudah (ditangkap,red) tadi malam. Nanti siang bagaimana detailnya akan disampaikan oleh Kapolrestabes Surabaya," ujar Sudamiran, seperti dikutip dari suarasurabaya.net, Kamis, 25 Juli 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

7. Tak Hanya Rampok Minimarket di Surabaya, Pelaku Peras Tetangga

Dua pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis minimarket di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), ternyata bukan hanya sekali melakukan aksi kejahatannya, ternyata sudah lima kali melancarkan tindak pidana kriminalitas tersebut.

Identitas kedua tersangka masing-masing bernama IG (28) warga asal Pamekasan tapi tinggal di Jalan Dupak Bangunrejo, Surabaya, dan RW (28) warga Jalan Kedungmangu, Surabaya.

"Tersangka sudah melancarkan aksinya di lima TKP. Di mana meliputi Alfamart Jalan Sidoyoso, Alfamidi Jalan Kenjeran, Alfamart Jalan Kiai Tambal Deres, Indomart Jalan Arjuno dan Indomaret Jalan Simokerto," tutur Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho, Kamis, 25 Juli 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

8.Akhir Pelarian Dua Pelaku Penggelapan Mobil Mewah di Surabaya

Pria berinisial FA (40) warga Klakahrejo, Surabaya, dan AH (39) warga Ketapang, Bandung, harus menghentikan langkahnya dalam melancarkan aksi penipuan dan penggelapan mobil mewah di Surabaya, Jawa Timur. 

Kedua pelaku tersebut ditangkap anggota Polsek Tegalsari Surabaya, setelah sempat menjadi buronan selama satu bulan.  "Kami amankan yang bersangkutan kemarin, setelah mendapat laporan seorang korban yang kehilangan mobil Pajero," tutur Kapolsek Tegalsari Kompol Rendy Surya Aditama, ditulis Jumat (26/7/2019).

Laporan tersebut masuk ke Mapolsek Tegalsari pertengahan Juni lalu. Korban diketahui bernama Haris Pancoko. "Jadi, awalnya mobil korban ini disewa oleh kedua tersangka (rental). Namun ternyata tidak dikembalikan, dibawa kabur," kata Rendy.

Berita selengkapnya baca di sini

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Universitas Indonesia)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendidikan dan Pelatihan Capaska 2019 Resmi Dibuka Menpora Imam Nahrawi

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Fokus, Jakarta - Sebanyak 68 calon Paskibraka Nasional 2019 menjalani acara pembukaan pendidikan dan pelatihan Paskibraka 2019 di aula Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat pagi, 26 Juli kemarin. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (27/7/2019), para wakil dari 34 provinsi ini fokus mendengarkan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang memimpin jalannya acara.

Secara simbolis, pendidikan dan pelatihan Capaska 2019 diserahkan kepada wakil dari Provinsi Maluku Murex Jackson dan Salma Putri yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Menpora berpesan agar mereka terus semangat dalam menjalani pelatihan paskibraka di Cibubur, Jakarta Timur.

"Harus lebih sukses, lebih baik. Mereka harus terus menjadi idola baru bagi seluruh pemuda, pelajar di Tanah Air dan coba mereka lihat bagaimana kedisiplinannya. Kemudian rasa kesetiaannya dan tanggung jawabnya pada tugas dan amanah ini. Momen itu yang akan terus kita dorong untuk semangat baru bagi seluruh pelajar dan pemuda di tanah air," kata Imam Nahrawi.

Para Capaska nantinya akan dikarantina dan menjalani serangkaian kegiatan selama 30 hari di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olaraga Nasional (PP PON) Cibubur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Menarik Fast & Furious: Hobbs & Shaw, Tampil Beda dari Seri Sebelumnya

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada tanggal 31 Juli 2019 mendatang, film bertema balapan yaitu Fast & Furious akan segera rilis. Film yang akan rilis akhir Juli mendatang tersebut mengusung tema Fast & Furious: Hobbs & Shaw. Para penggemar tentunya sudah tak sabar untuk menyaksikan adegan-adegan balapan mobil ini.

Fast and Furious adalah film yang dianggap sebagai salah satu waralaba film terlaris di dunia dengan tema balap mobil. Sedikit berbeda dari seri film Fast & Furious sebelumnya, kini Dwayne Johnson dan Jason Statham yang akan berperan menjadi toko utama yang masing-masing sebagai Luke Hobbs dan Deckard Shaw.

Dirilis pertama kali film Fast & Furious pada tahun 2001, setidaknya hingga kini film ini memiliki 8 seri. Kabarnya Fast & Furious 9 juga akan segera menyusul.

Menilik Fast & Furious: Hobbs & Shaw yang telah menampilkan beberapa trailer, berikut ini fakta-fakta Fast & Furious: Hobbs & Shaw yang segera rilis akhir bulan Juli mendatang dirangkum dari berbagi sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (27/7/2019). 

Tokoh yang Berbeda

Fakta film Fast & Furious: Hobbs & Shaw. (Sumber: Instagram/@therock)

Jika sebelumnya banyak seri film Fast & Furious diperankan oleh karakter mendiang Paul Walker dan Vin Diesel, akhirnya waralaba ini punya film sempalannya sendiri.  Film berjudul Fast and Furious: Hobbs and Shaw akan diperankan oleh Dwayne Johnson dan Jason Statham sebagai Luke Hobbs dan Deckard Shaw.

Bagi yang telah mengikuti film ini dari seri sebelumnya, tentunya mengenal sosok Hobbs dan Shaw. Hobbs adalah seorang agen Amerika Serikat, sementara Shaw adalah mantan agen elit militer Inggris yang banyak berurusan dengan hukum. Shaw pertama kali berhadapan dengan keluarga Toretto dalam Fast and Furious 7 pada 2015. Hobbs dan Shaw sempat terlibat perkelahian sengit dalam film tersebut.

Pada film sempalan Fast and Furious ini, tiba-tiba saja muncul manusia super yang tak patuh kepada hukum bernama Brixton yang diperankan oleh Idris Elba. Ia menjadi ancaman manusia atas kendalinya terhadap senjata biologis berbahaya.

Film ini juga akan memperkenalkan agen MI6 tak kenal takut yang diperankan Vanessa Kirby. Menariknya, agen wanita tersebut adalah saudara perempuan Shaw. Jadi, Hobbs dan Shaw yang merupakan dua musuh bebuyutan harus bersatu untuk menjatuhkan satu orang yang mungkin lebih jahat ketimbang diri mereka sendiri.

Lebih Mewah dari Seri Sebelumnya

Fakta film Fast & Furious: Hobbs & Shaw. (Sumber: Instagram/@therock)

Dwayne sempat merilis foto perdana dari film tersebut di akun media sosialnya. Dalam foto tersebut, tampak pemeran utama yaitu Dwayne dan Jason Statham. Aktor yang biasa dikenal dengan sebutan The Rock itu menulis beberapa keterangan sebagai petunjuk film terbaru Fast and Furious versinya ini.

"Tampilan perdana: Hobbs and Shaw. Minggu pertama syuting yang menyenangkan bersama jagoan saya, Jason Statham. Kami akan memberikan sesuatu yang segar, keren, menyenangkan dan hebat untuk penggemar," tulis Dwayne Johnson dikutip dari akun Instagram miliknya. 

Seri film ini digadang-gadang akan mengusung konsep mewah. Selain itu, mereka berdua akan menyuguhkan aksi Luke Hobbs dan Deckard Shaw yang lebih ekstrim dan seru ketimbang seri sebelumnya.

David Leitch, sang sutradara yang sebelumnya menggarap Deadpool 2 mengatakan bahwa  dia berusaha untuk "memberikan rasa kredibilitas yang nyata" pada film kali ini. 

Vin Diesel Tak Akan Muncul di Film Ini

Dwayne Johnson akhirnya mengungkap apa yang terjadi dengan dirinya dan Vin Diesel saat syuting The Fate of the Furious. (Digital Spy)

Berbeda dari sebelumnya jika Vin Diesel selalu tampil hampir di seluruh jalan cerita, kini dirinya dikabarkan tak akan berpartisipasi dalam seri Fast & Furious: Hobbs & Shaw. Film ini akan lebih menyoroti perjuangan Hobbs dan Shaw yang mencoba menghabisi musuh mereka. 

Vin Diesel memang telah menjadi 'wajah' di dalam film seri mahal ini. Meski begitu, kabarnya Vin Diesel akan kembali muncul di film Fast & Furious 9 yang rencananya akan dirilis dua tahun mendatang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tremor Berkelanjutan, Gunung Tangkuban Parahu Masih Berpotensi Erupsi

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan berdasarkan analisis, Gunung Tangkuban Parahu masih berpotensi terjadi erupsi dengan masih terekamnya tremor berkelanjutan.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Devy K Syahbana menjelaskan bahwa erupsi pada Jumat (26/7) disebabkan uap magma yang berinteraksi dengan sistem hidrotermal Gunung Tangkuban Parahu. Kemudian, ada perubahan di bawah permukaan sehingga terjadi erupsi.

"Kondisi ini bisa terjadi di beberapa gunung bukan hanya di Gunung Tangkuban Parahu, tapi di Papandayan, Dieng juga sama, dan ini biasanya tidak diawali dengan tanda jelas, dia bisa terjadi kapanpun. Jadi erupsi bisa terjadi kapan saja," kata Devy di Ruang Monitoring PVMBG Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (27/7/2019).

Namun, menurut dia, berdasarkan peristiwa erupsi yang terjadi, ancaman hanya di wilayah sekitar kawah saja, untuk di luar kawah tidak akan terlalu berbahaya. 

"Kalau di luar kawah ini tidak akan terlalu bahaya, minimal menyiapkan masker," kata dia dilansir Antara.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Gede Suantika mengatakan, erupsi Gunung Tangkuban Parahu tidak akan berdampak pada pergerakan Sesar Lembang.

Pergerakan Sesar Lembang

Pemandangan Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu dua pekan sebelum erupsi (Liputan6.com/Komarudin)

Menurut dia, pergerakan Sesar Lembang mungkin bisa terjadi ketika erupsi yang terjadi sangat besar hingga mengeluarkan magma.

"Erupsi sekarang kecil sekali jika ingin dikaitkan dengan Sesar Lembang. Pergerakan Sesar Lembang bisa saja terjadi kalau erupsi magmatik," kata Gede.

Atas kejadian ini, PVMBG pun telah memberikan rekomendasi kepada pengelola tempat wisata agar tidak memberikan izin kepada masyarakat untuk berada di sekitar kawasan khususnya kawah ratu dan kawah upas dengan radius 500 meter.

Pedagang, wisatawan, dan pendaki pun tidak diperbolehkan menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu.

"Diminta masyarakat sekitar mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas vulkanik dan diimbau tidak berlama-lama berada di bibir kawah," kata Gede.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FedEx Ogah Kirim Produk Huawei

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Amerika Serikat yang memasukkan Huawei dalam daftar hitam perdagangan ternyata masih berbuntut panjang. Kali ini, otoritas Tiongkok menuduh penyedia logistik asal Amerika Serikat FedEx telah melanggar aturan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (27/7/2019), FedEx dilaporkan sengaja tidak mengirimkan barang dari Huawei untuk para penerimannya. Informasi ini pertama kali diketahui dari laporan Xinhua beberapa waktu lalu.

Menurut otoritas Tiongkok, FedEx diketahui menahan lebih dari 100 produk asal Huawei. Kendati demikian, FedEx membantah tuduhan tersebut dan menyebut batalnya pengiriman itu karena ada masalah operasional.

"Di tengah investigasi, petunjuk memperlihatkan FedEx telah melanggar aturan," tutur otoritas Tiongkok. Meski dituduh sengaja menghalangi pengiriman barang Huawei, FedEx sendiri belum memberikan komentar.

Sebelumnya, FedEx memang dilaporkan tidak melanjutkan proses pengiriman sebuah barang setelah diketahui paket itu merupakan smartphone Huawei. Ketika itu, FedEx sendiri langsung meminta maaf atas batalnya pengiriman.

Perlu diketahui, pemerintah Amerika Serikat sendiri dilaporkan tidak menutup kemungkinan untuk kembali berbisnis dengan Huawei. Pemerintah disebut akan menyetujui lisensi untuk mendukung rencana itu. 

Pemberian lisensi itu merupakan upaya baru Presiden AS, Donald Trump, untuk mengurangi pembatasan terhadap Huawei. Adapun keputusan ini keluar saat dipastikan tidak ada ancaman terhadap keamanan nasional.

Huawei Bantu Korea Utara Bangun Jaringan Seluler?

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Terlepas dari laporan itu, Huawei dilaporkan membantu Korea Utara membangun dan memelihara jaringan seluler komersial.

Mengutip Washington Post, Selasa (23/7/2019), Huawei bermitra dengan perusahaan milik negara, Panda International Information Technology.

Kemitraan tersebut, menurut sumber dan dokumen internal Huawei yang diterima Washington Post, telah berlangsung selama setidaknya delapan tahun dan menangani sejumlah proyek di Korea Utara.

Laporan ini memunculkan pertanyaan apakah Huawei melanggar aturan kontrol ekspor Amerika lantaran Huawei membantu Korea Utara dengan perangkat-perangkat yang komponennya menggunakan teknologi Amerika.

Mei 2019 Huawei masuk ke dalam daftar hitam di Amerika dengan alasan keamanan nasional. Hal ini berimbas pada larangan bagi sejumlah perusahaan Amerika untuk menjual komponen ke Huawei tanpa izin khusus.

Namun pada Juni 2019 Donald Trump berujar, perusahaan-perusahaan Amerika dapat melanjutkan kembali penjualan komponen ke Huawei.

Terkait laporan kemitraan dengan Korea Utara ini, Huawei tidak berkomentar banyak, tetapi hanya mengatakan "tidak ada aktivitas bisnis" di Korea Utara.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambil Bersepeda, Gubernur BI Sosialisasikan Penurunan Biaya Kliring

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menggelar puncak perayaan Ulang Tahun BI yang ke-66 di Kantornya, Jakarta, pada Sabtu Ini. Dalam perayaan ini, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, turut mensosialisasikan kebijakan baru mengenai Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI).

"Pada hari ini kita akan juga meresmikan mulainya bagaimana clearing ritel BI yang lebih cepat, yang lebih murah," katanya saat ditemui di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Sabtu (26/7/2019).

Perry menuturkan salah satu kebijakan baru melalui sistem SKNBI ini adalah menurunkan biaya transfer kliring. Di mana biaya yang dikenakan bank peserta kepada nasabah diturunkan menjadi sebesar Rp 3.500 dari sebelumnya Rp 5.000.

Selain itu batas maksimal transfer juga dinaikan menjadi Rp1 miliar dari yang sebelumnya hanya Rp 500 juta. Kemudian dalam implementasinya BI juga akan menambah jadwal pengopersian.

"Selama ini dalam sehari itu 5 kali penyelesaian akan menjadi 9 kali dan sekarang dengan SKNBI, itu akan lebih cepat, harganya juga lebih murah," katanya.

Perry menambahkan upaya ini dilakukan sebagai wujud nyata Bank Sentral Indonesia dalam mempercepat dan meningkatkan efisiensi ekonomi melelalui gerbang pembayaran.

"Jadi masyarakat bisa menikmati SKN BI lebih cepat, lebih murah. Setiap jam bisa penyelesaian. Harganya Rp3.500," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Permudah Masyarakat, BI Perluas Layanan Sistem Kliring Nasional

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memperluas layanan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia atau SKNBI. BI meyakini, perluasan layanan akan memberikan kemudahan dan kecepatan bagi masyarakat dalam pembayaran ritel.

"Ini juga sekaligus langkah Bank Indonesia dalam menyambut bulan Ramadhan masyarakat akan lebih murah, lebih mudah, dan lebih cepat melakukan transaksi pembayaran melalui SKNBI," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo, di Gedung BI, Jakarta, pada Kamis 25 April 2019. 

Perry menuturkan, pihaknya melakukan beberapa perluasan dalam layanan SKNBI. Salah satunya berupa penambahan waktu dan percepatan settlement.

"Penambahan waktu yang semula itu 5 kali sekarang akan menjadi 9 kali dalam setiap harinya. Sehingga ini kliring-nya dari 5 kali jadi 9 kali per hari," urainya.

"Waktu settlement-nya yang dulu setiap 2 jam sekarang setiap jam. Sehingga ini akan menjadi kemudahan bagi masyarakat melakukan transaksi pembayaran melalui SKNBI," sambungnya.

Tak hanya itu, Bank Indonesia juga memperluas batas nominal transaksi lewat SKNBI. Jika sebelumnya maksimum transaksi melalui SKNBI sebesar Rp 500 juta, dinaikkan menjadi Rp 1 miliar.

"Dan penurunan tarif yang semula Rp 5.000 per transaksi akan menjadi Rp 3.500 per transaksi," tandasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Kerusakan Akibat Gempa Kembar di Filipina

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Sebuah rumah rusak setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Dua jam gempa kuat melanda pulau yang jarang penduduknya di Selat Luzon di Filipina utara, Sabtu pagi. (Agnes Salengua Nico via AP)

Sebuah rumah rusak setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Dua jam gempa kuat melanda pulau yang jarang penduduknya di Selat Luzon di Filipina utara, Sabtu pagi. (Agnes Salengua Nico via AP)

Sebuah rumah rusak setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Puluhan orang lainnya luka-luka akibat gempa kembar yang terjadi dua kali dalam selisih waktu beberapa jam. (Agnes Salengua Nico via AP)

Sebuah rumah rusak setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Puluhan orang lainnya luka-luka akibat gempa kembar yang terjadi dua kali dalam selisih waktu beberapa jam. (Agnes Salengua Nico via AP)

Sebuah rumah rusak setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan dalam kejadian gempa kembar tersebut. (Agnes Salengua Nico via AP)

Sebuah rumah rusak setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan dalam kejadian gempa kembar tersebut. (Agnes Salengua Nico via AP)

Seorang penduduk melihat kerusakan setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Banyak orang sedang tidur pulas ketika gempa pertama terjadi pada Sabtu (27/7./2019) pagi. (Agnes Salengua Nico via AP)

Seorang penduduk melihat kerusakan setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Banyak orang sedang tidur pulas ketika gempa pertama terjadi pada Sabtu (27/7./2019) pagi. (Agnes Salengua Nico via AP)

Tembok gereja Sta Maria de Mayan yang rusak setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Delapan orang tewas dan belasan lainnya cedera akibat gempa kembar tersebut. (AFP Photo/Dominic De Sagon Asa)

Tembok gereja Sta Maria de Mayan yang rusak setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Delapan orang tewas dan belasan lainnya cedera akibat gempa kembar tersebut. (AFP Photo/Dominic De Sagon Asa)

Kerusakan pada Gereja Sta Maria de Mayan setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Delapan orang tewas dan belasan lainnya cedera akibat gempa kembar tersebut. (AFP Photo/Dominic De Sagon Asa)

Kerusakan pada Gereja Sta Maria de Mayan setelah gempa kembar berkekuatan magnitudo 5,4 dan 5,9 di Itbayat on Pulau Batanes, Filipina (27/7/2019). Delapan orang tewas dan belasan lainnya cedera akibat gempa kembar tersebut. (AFP Photo/Dominic De Sagon Asa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo Tak Percaya Status Tersangka yang Diucapkan Angel Lelga

Posted: 26 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vicky Prasetyo sempat dilaporkan ke polisi atas pencemaran nama baik, karena aksi penggerebakan yang dilakukannya terhadap mantan istrinya, Angel Lelga. Status Vicky yang saat itu masih menjadi saksi, dikabarkan kini sudah berubah jadi tersangka.

Mendengar berita tersebut, Vicky Prasetyo menanggapinya dengan tenang. Dirinya mengatakan kalau kabar itu tidak benar. Menurutnya, selama ini dia telah mengikuti prosedur dengan cukup baik.

"Gue kan sudah datang sebagai saksi, tapi kemudian dia roadshow bilang gue tersangka, mangkir atau apa. Kan saya sudah datang biasa, penyidikan biasa ya jalanin dengan baik," kata Vicky Prasetyo saat ditemui di gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2019).

Selain itu, pria 35 tahun terlihat cukup santai dengan kasus yang menjeratnya ini. Vicky Prasetyo merasa jika Angel Lelga hanya menggiring opini publik, agar ia terlihat bersalah.

Santai

Vicky Prasetyo makin serius jadi vokalis band metal yang terinspirasi Burgerkill.

"Santai. Jadi nggak ada hal yang gimana-gimana gitu, karena kan pasalnya pencemaran, bukan yang kriminal gimana-gimana, kayak penipuan misalnya seperti yang dia giring, nggak ada," ujarnya.

"Boleh cek aja, mungkin teman-teman media sudah ada yang minta keterangan ke kepolisian gitu loh, bahwa statusnya gimana, ini masih proses," sambungnya.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Khofifah Membangun LRT di Madura

Posted: 26 Jul 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa akan bangun LRT di Madura. Sebagai upaya Pemda untuk mengembangkan wilayah Suramadu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Merapi Luncurkan Lava Pijar dan Awan Panas, Status Waspada

Posted: 26 Jul 2019 09:52 PM PDT

Fokus, Boyolali - Aktivitas Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah hingga hari ini masih fluktuatif dan terus meluncurkan lava pijar dan awan panas.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (27/7/2019), selama rentang waktu 24 jam dari Jumat pagi kemarin, Gunung Merapi terus mengeluarkan guguran lava. Tercatat sebanyak 10 kali dengan jarak luncur terjauh mencapai 1 kilometer.

Terekam kamera pengawas luncuran lava pijar terjadi Jumat malam pukul 19.51 WIB dan mengarah ke hulu Kali Gendol, Sleman.

Meski sering mengeluarkan guguran, status Gunung Merapi hingga kini bertahan di level dua atau waspada. Sedang untuk radius aman masih berada di 3 kilometer dari puncak Merapi.

Warga yang berada di radius lebih dari 3 kilometer dari puncak gunung masih diperbolehkan beraktivitas normal seperti biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensos: Tagana Bantu Evakuasi Pengunjung Gunung Tangkuban Parahu

Posted: 26 Jul 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, sebanyak 30 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Indonesia diterjunkan untuk membantu evakuasi warga yang terdampak erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, Jumat (26/7/2019).

"Sesaat setelah terjadinya erupsi Gunung Tangkuban Parahu Tagana sudah berada di lokasi. Fokus tugas yang dilakukan adalah perlindungan korban bencana alam. Dalam hal ini pengunjung dan pedagang serta wisatawan yang berkemah di sekitarnya," terang Mensos Agus seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Ia menjelaskan sebanyak 30 personel Tagana terdiri dari 25 orang Tagana Kabupaten Subang dan 5 orang dari Tagana Kabupaten Bandung Barat.

"Warga juga turun membantu yakni dari Kampung Siaga Bencana Desa Cicadas. Mereka bahu-membahu membantu proses evakuasi," lanjutnya.

Sebagian besar pedagang yang dievakuasi adalah warga Ciater dan Cikole. Mereka telah kembali ke rumah masing-masing. Sementara para pengunjung yang mayoritas menggunakan kendaraan pribadi sudah meninggalkan lokasi.

Dikatakan Mensos, Tagana Kabupaten Subang memiliki Posko Tagana yang berjarak sekitar tujuh km dari Gunung Tangkuban Parahu. Sehari-harinya posko ini dijaga empat personel Tagana yang bertugas bergantian.

"Maka begitu kejadian mereka langsung ke lokasi dan membantu evakuasi pedagang dan pengunjung. Bergabung dengan relawan, aparat keamanan, dan aparat desa setempat," tutur Menteri Agus.

Saat ini kendati erupsi telah berhenti, pihaknya terus memantau perkembangan di lapangan. Tim Tagana juga tetap bersiaga dan meningkatkan komunikasi dengan berbagai pihak terkait di Posko Gabungan Gunung Tangkuban Parahu.

Erupsi

Sementara itu Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan total Tagana Kabupaten Subang berjumlah 70 orang.

Tagana yang diturunkan memiliki kemampuan bidang komunikasi, rescue, manajemen posko, dan logistik. Mereka juga terus melakukan koordinasi dengan badan vulkanologi dan BPBD setempat.

"Koordinasi terus dilakukan dan apabila diperlukan kebutuhan logistik untuk masyarakat terdampak akan disalurkan," tuturnya.

Seperti diketahui hari Jumat, 26 Juli 2019, pukul 15.48 WIB, wilayah gunung berapi Tangkuban Parahu yang berlokasi di Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, mengeluarkan abu vulkanik dengan tinggi kolom abu teramati krang lebih 200 meter di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi krang lebih 5 menit 30 detik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICC 2019: Atletico Gasak Real Madrid 7-3, Zinedine Zidane Tetap Pede

Posted: 26 Jul 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, New Jersey- Zinedine Zidane tidak menunjukkan rasa pesimisme usai Real Madrid dipermak Atletico Madrid 3-7 pada laga pramusim International Champions Cup (ICC) 2019 yang berlangsung di Metlife Stadium, New Jersey Amerika Serikat, Sabtu (27/7/2019). Dia meyakini Real Madrid akan menjalani musim yang baik musim ini.

Real Madrid sudah tertinggal 0-5 pada babak pertama. Tiga gol Diego Costa dan gol Joao Felix dan Correa bisa mencabik-cabi pertahan Los Blancos. 

Memasuki menit ke-51, pertahanan Real Madrid kembali dikoyak Diego Costa sehingga membuat skor menjadi 6-0. Vitolo menambah satu gol untuk Atletico pada menit ke-70.

Sedangkan Real Madrid hanya mampu memperkecil kekalahan lewat Nacho, Karim Benzema dan Javi Hernandez. Zidane mengaku tak berkecil hati dengan hasil minor di ICC 2019 melawan tetangga mereka, Atletico Madrid.

"Kami akan termotivasi. Saya tak ragu soal itu. Musim kami akan berlangsung bagus. Saya yakin," kata Zidane seperti dikutip Marca.

 

 

Menyakitkan

Takefusa Kubo saat beraksi untuk Real Madrid lawan Atletico (Johannes EISELE / AFP)

Zidane mengakui kekalahan melawan Atletico sangat menyakitkan. Namun dia meminta pasukannya untuk tidak melihat ke belakang.

"Kami tentu tak bahagia dengan hasil hari ini. Tapi di hal lain, saya yakin punya tim yang bisa bersaing dengan sangat baik," ujarnya.

"Penampilan pemain tak mengkhawatirkan saya tapi ini menyakitkan. Saat Anda kalah....Anda tak bermain untuk kalah. Namun ini sudah terjadi, kami tak boleh menengok k belkang. Ini laga buruk."

Kurang Intensitas

Zidane menyoroti kurangnya intensitas bermain Real Madrid di pertandingan kemarin. Pemain terlambat panas di pertandingan.

"Kami memulai laga dengan sangat buruk. Setelah 8 menit, kami kebobolan 2-0 dan tak ada reaksi dari kami untuk mengubah sesuatu," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Faktor Penting yang Buat Bali United Mampu Tundukkan Persib Bandung

Posted: 26 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Bali United mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (26/7/2019).

Pada laga pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019, Bali United membawa tiga poin berkat gol Stefano Lilipaly pada menit ke-3 dan Illija Spasojevic pada menit ke-94.

Bali United, melalui pelatih Stefano Teco dan striker Ilija Spasojevic, mengungkapkan lima kunci memenangi laga tersebut di hadapan ribuan suporter Persib

Pertama ialah mencetak gol cepat, kemudian bermain kompak, strategi bertahan, serangan balik, dan bekerja keras.

"Kami bagus hari ini. Kami cetak gol dengan cepat dan babak kedua kami kompak, bertahan dan melakukan serangan balik, sehingga bisa menambah gol. Saya berterima kasih kepada tim. Mereka kerja keras hari ini," ujar pelatih Bali United, Stefano Teco usai.

Teco menyebut, konsenstrasi dan organisasi permainan juga menjadi kunci Serdadu Tridatu memenangi duel tersebut.

"Persib di lini depan bagus dan mereka pasang empat pemain. Tapi, kami menunjukkan kualitas dan mencetak dua gol di sini," ujar Teco.

Sementara, Illija Spasojevic, merasa senang timnya bisa menang atas tuan rumah. "Mungkin gol cepat membuat mereka kaget. Seperti yang pelatih bilang, kami harus kerja keras untuk bisa mengalahkan Persib," ujar Spaso.

Spaso mengakui permainan Persib Bandung bagus. Ia bangga bisa menyumbang satu gol dan memastikan tiga poin untuk timnya.

Respek pada Persib

Shopee Liga 1 - Persib Bandung Vs Bali United (Bola.com/Adreanus Titus)

Teco enggan mengomentari strategi pelatih Persib Bandung pada laga ini. Ia memilih fokus pada tim dan tak mau terlena dengan pencapaian di Bandung.

"Saya tidak bisa komentar, saya respek. Tapi perubahan di gol cepat yang membuat kami jadi percaya diri dan ketika gol, kami berpikir bisa menang hari ini," kata Teco.

Kemenangan atas Persib membuat Bali United semakin dekat dengan Tira Persikabo. Bali United kini menduduki posisi kedua klasemen dengan 22 poin. 

Sementara, Tira Persikabo di posisi puncak setelah mengemas 23 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Horornya Warga Banjarbaru Melihat Peti Mati di Bak Sampah

Posted: 26 Jul 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Banjarbaru - Warga Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dibuat heboh pada Kamis (25/8). Ada foto peti mati dari kayu yang dibuang di atas bak sampah TPS Jalan Komet 2 atau samping SDN 2 Komet Banjarbaru. Kabar beserta gambarnya beredar di media sosial.

Aulia, warga Loktabat, mengaku melihat foto tersebut dari grup Whatsapp yang beredar.

"Kok ada yang buang peti jenazah di bak sampah ya. Apalagi kondisinya masih utuh, agak horor juga jadinya," kata Aulia, Jumat (26/7/2019).

Dilansir dari Jawapos.com, keberadaan peti itu kemudian dilacak. Jawa Pos Group lantas mencoba mengecek ke lokasi. Namun peti mati itu sudah tak ada lagi.

Menurut informasi warga sekitar, mereka melihat peti mati di bak sampah itu pada Selasa (23/7/2019).

"Selasa setahu saya. Kaget juga, tapi tak lama langsung diangkut petugas (persampahan)," kata Andi.

Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarbaru Erwan Rudiansyah membenarkan kabar tersebut. Dia mengakui memang ada peti mati di atas bak sampah TPS itu.

"Benar adanya. Tadi langsung tim kita ke lokasi. Ternyata foto yang beredar itu kejadiannya hari Selasa (23/7/2019)," kata Erwan.

Untuk peti mati itu sendiri, lanjut Erwan, langsung dibawa ke TPA usai diamankan dari lokasi.

"Sudah diangkut ke TPA oleh petugas hari itu juga," terangnya.

Erwan mengatakan pembuang peti masih misterius. Baik warga maupun petugas tak mendapati kapan persis kejadian pembuangan itu terjadi.

"Belum diketahui. Kemungkinan informasinya malam membuangnya. Kita sangat sesalkan kejadian ini mengapa sampai ada yang membuang ke TPS," ujarnya.

Dia menambahkan, membuang peti jenazah di TPS umum jelas dilarang.

"Membuang dahan atau batang pohon saja tidak boleh. Apalagi peti mati. Jelas ini menyalahi dan bisa disanksi yang membuangnya. Kita harap kejadian ini tidak terulang kembali," tandasnya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PVBMG: Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Jenis Freatik, Masyarakat Harus Waspada

Posted: 26 Jul 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Letusan Gunung Tangkuban Parahu menghasilkan kolom abu yang ketinggiannya mencapai 200 meter di atas puncaknynya. Erupsi juga menghasilkan kolom abu bewarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

Petugas pemantau dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG), Ilham Mardikaryanta mengatakan erupsi yang terjadi tersebut merupakan jenis letusan freatik. Kendati dalam status normal, PVBMG memperingatkan letusan jenis freatik harus diwaspadai.

"Tipikal erupsi freatik. Dia sifatnya dangkal dan itu bisa tiba-tiba erupsi. Makanya direkomendasi normal pun dari kami Badan Geologi merekomendasikan untuk semua aktivitas di atas mewaspadai bilamana letusan freaktik secara tiba-tiba," kata Ilham, Sabtu (27/7/2019).

PVBMG mencatat bahwa sebelumnya pada Oktober 2013, erupsi freatik juga pernah terjadi di gunung yang terkenal dengan Kawah Ratu. Untuk itu, dia mengimbau wisatawan yang hendak berkunjung ke Tangkuban Parahu agar menunda terlebih dahulu hingga kondisi Gunung Tangkuban Parahu aman.

PVBMG sendiri memperingatkan agar masyarakan dan wisatawan tak berkegiatan di radius 500 meter dari erupsi.

"Untuk saat ini berdasarkan hasil evaluasi, rekomendasinya 500 meter dari erupsi dan status dalam keadaan normal," ucapnya.

 

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

Gunung Tangkuban Parahu ErupsiGunung Tangkuban Parahu diketahui erupsi pada Jumat, 26 Juli 2019 lalu. Kordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut, jatuhan erupsi terdapat di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini berjarak sekitar 10 kilometer lebih dari kawasan erupsi.

"Terkait status sedang dievaluasi, daerah wisata telah ditutup," tulis BNPB via akun Twitter resminya, seperti dilihat Liputan6.com, Jumat (26/7/2019).

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bandung Barat tengah ke lokasi kejadian. Pantauan dari kantor BPBD Kabupaten Bandung Barat dengan jarak 17 - 20 Km dari Gunung Tangkuban Perahu, tidak kelihatan adanya abu erupsi.

"Informasi dari masyarakat di Kecamatan Cisarua ada abu mengarah ke sana," lanjut tulis akun Twitter BNPB.

Gunung Tangkuban Parahu erupsi pada pukul 15.48 WIB, Jumat (26/7/2019). Kolom abunya mencapai ketinggian sekitar 200 meter di atas puncaknya.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan," kata Kepala Pusat Vulkanologi Meteorologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi, Kasbani saat dikonfirmasi.

Kasbani menjelaskan, erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi sekitar 5 menit 30 detik. Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada status level I atau normal.

Meski demikian, masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu baik pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: 9 Maskapai Asing Ingin Buka Rute ke Bali

Posted: 26 Jul 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengupayakan agar kapasitas Bandara Ngurah Rai Bali dapat ditingkatkan. Langkah tersebut guna mendongkrak jumlah turis yang berkunjung ke Bali.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menambah slot penerbangan, khususnya bagi penerbangan rute internasional. Budi Karya menjelaskan, penerbangan internasional akan diberikan prioritas untuk take off atau landing pada waktu favorit atau golden time.

"Golden time mereka itu kan pukul 23.00 malam sampai pukul 7 pagi (UTC). Oleh karena itu prioritas akan diberikan pada penerbangan dari turis-turis itu," kata Budi Karya Sumadi diktuip dari pernyataan tertulis, Sabtu (27/7/2019).

Selain itu, ia juga mengatakan akan ada pembatasan penerbangan dengan pesawat sekelas ATR-72 yang mendarat ke Bali.

"Kita akan buat cluster yang menuju Bali. Dari beberapa kota-kota kecil tidak masuk ke sini, kecuali kota-kota itu memang hanya dijangkau dengan pesawat sekelas ATR-72," ujar dia.

Hal lainnya yang akan dilakukan, lanjut Budi Karya Sumadi, yakni dengan membatasi ground time atau waktu naik-turun penumpang untuk tidak lebih dari 3 jam.

"Melalui upaya-upaya itu, kami berharap ke depan kapasitas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dapat bertambah 30 persen dan diprioritaskan bagi penerbangan internasional," ungkap dia.

Saat ini sudah ada sekitar sembilan maskapai asing yang ingin membuka rute penerbangan ke Bali. Antara lain berasal dari Jepang, Taiwan, Bangladesh, Kamboja, Australia, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Malaysia.

Sebagai catatan, hingga kini terdapat 34 maskapai asing dengan 47 rute penerbangan yang beroperasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Untuk penerbangan domestik sendiri saat ini ada 8 maskapai domestik dengan 22 rute penerbangan.

"Dengan adanya 9 flight ini jika dirata-rata antara 200-300 orang penumpang per flight, maka paling tidak ada tambahan 2.000 orang setiap hari. Jadi kurang lebih 30 persen kenaikannya. Oleh karenanya, saya minta kepada jajaran Kemenhub, otoritas bandara, Angkasa Pura 1, juga Pemerintah Daerah, Kadishub, secara sinergi melakukan optimalisasi upaya ini," imbuhnya.

Angkasa Pura I Tambah Kecepatan WiFi Bandara Ngurah Rai

Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

Sebelumnya, peningkatan pelayanan dilakukan PT Angkasa Pura I di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Khususnya selama libur Lebaran. AP I menambahkan kecepatan WiFi di bandara I Gusti Ngurah Rai. Hal ini semakin memudahkan aktivitas wisatawan di media sosial (medsos).

Kecepatan WiFi di bandara dinaikkan hingga 50 Mbps. Pada hari biasa, bandara hanya didukung WiFi dengan kecepatan 20Mbps. Hal ini sebagai langkah awal antisipasi tingginya pengguna internet. Fasilitas tersebut menegaskan status terbaik #PesonaMudik2019.

"Bandara I Gusti Ngurah Rai salah satu yang terpadat. Untuk itu, peningkatan layanan internet gratis bagi wisatawan diberikan. Dengan begitu, kami berkontribusi bagi Customer Satisfaction Index (CSI). Pemberian fasilitas ini semakin membuat nyaman wisatawan," ungkap Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I Sardjono Jhony Tjitrokusumo, kemarin.

Penambahan kecepatan WiFi hingga 50 Mbps tersebar di 366 spot. Asumsinya, tiap sudut terminal bandara bisa terjangkau oleh WiFi cepat tersebut. Menariknya, upgrade fasilitas WiFi itu akan berkelanjutan. Sardjono menambahkan, wisatawan kini bisa mengakses internet dengan mudah.

"Peningkatan kecepatan WiFi memudahkan wisatawan mengakses internet. Secara profil, peningkatan kecepatan WiFi sudah menjadi kebutuhan bagi Bandara Ngurah Rai. Sebab, pergerakan wisatawannya tinggi. Artinya, butuh kapasitas lebih besar," lanjut Sardjono.

Kapasitas internet 20 Mbps memang dinilai kurang. Kecepatan internet 20 Mbps menjadi sangat lambat pada spot tertentu bandara, seperti ruang tunggu di setiap gate keberangkatan. Penggunaan internet pun mencapai puncak setiap pukul 17.00 WITA. Sebab, WiFi diakses hampir 20 Ribu user. Traffic data yang digunakannya hampir mendekati 60GB.

"Kami berharap, wisatawan semakin nyaman berada di sini. Bagaimanapun, Bali secara keseluruhan itu memiliki infrastruktur luar biasa," tuturnya lagi.

Penambahan kapasitas kecepatan internet membuat Bandara Ngurah Rai semakin ramah pada milenial. Apalagi, mengacu data BPS 2016, slot 50% dari inbound traveller adalah kaum milenial. Mereka sangat mengandalkan teknologi digital. Berdasarkan Deloitte Consulting Southeast Asia 2019, aktivitas tour dan booking 40% dilakukan secara online. Bandara Ngurah Rai juga semakin solid menyambut tourism 4.0.

"Bandara Ngurah Rai semakin solid menyambut tourism 4.0. Momentumnya melalui libur Lebaran. Dan, WiFi kecepatan tinggi menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Sebab, aktivitas mereka bergantung juga dengan internet," jelas Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Menjadi destinasi bagi milenial, Indonesia berpotensi memenangkan pasar persaingan. Merujuk data UNDESA 2014, Asia akan menjadi rumah bagi populasi milenial hingga 2030. Sebanyak 57% milenial ada di Asia. Sebaran kaum milenial terbesar ada di Tiongkok dengan 333 Juta orang. Indonesia memiliki potensi pertumbuhan 82 Juta milenial, ada 42 Juta milenial di Filipina, juga 26 Juta milenial Vietnam.

"Pasar milenial ini akan mendominasi hingga beberapa tahun ke depan. Untuk menarik mereka, fasilitas pendukungnya harus sesuai dengan kebutuhan milenial. Menaikan kecepatan internet hingga 50 Mbps akan jadi investiasi jangka panjang positif," tutup Arief yang juga Menpar Terbaik Asia Pasifik. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memproduksi Makanan Beku, Sekar Bumi Tetap Andalkan Buatan Tangan

Posted: 26 Jul 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Makanan beku atau frozen food masih banyak diminati, terutama oleh mereka yang ingin menyajikan makanan secara cepat, praktis dan lezat. Meski banyak permintaan, berbagai inovasi tetap dihadirkan para produsen frozen food. Misalnya saja, PT Sekar Bumi.

Belakangan ini mereka cukup aktif menambah berbagai macam varian masakan sehat dengan proses masak yang sangat mudah. Mereka meluncurkan produk terbaru di acara Food Hotel Indonesia (FHI) 2019 yang bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 26 Juli 2019.

Merek yang saat ini ada termasuk di dalam Sekar Bumi adalah Finna sebagai umbrella brand, Bumifood dan Mitraku untuk produk makanan olahan, SKB dan SKT untuk produk udang, SOSIKAN untuk produk sosis ikan siap makan, dan Sekar Fuji Foods untuk produk bumbu masak.

Produk makanan olahan beku Sekar Bumi melalui Bumifood dan Mitraku yang berbahan dasar seafood meliputi berbagai macam produk dimsum, bakso, mini wonton, crispy seafood, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Sekar Bumi juga sebagai produsen value-added udang, ikan, kacang mete, dan sosis ikan siap makan. Produk-produk ini dijual di dalam negeri maupun ke pasar internasional ke Amerika, Eropa, Jepang, Korea, Australia, dan negara-negara Asia lainnya.

"Produk backbone dari Sekar Bumi adalah udang value-added SKB yang sudah mendapatkan sertifikat BAP 4-star, setiap tahap proses secara menyeluruh mulai dari penetasan (hatchery), tambak (farming), pakan sampai proses pengolahan di pabrik telah tersertifikasi Best Aquaculture Practice," terang Tanne Budiatma selaku Marketing Manager Bumifood

"Selain BAP 4-star, Sekar Bumi juga punya sertifikat USFDA Green Ticket, EU Number, BRC, HACCP, ISO 22:000, GMP, SNI, dan Halal dari MUI," sambungnya pada Liputan6.com.

Menurut Tanne, brand Bumifood saat ini sedang unggul di bidang makanan beku. Produk ini berbahan dasar olahan seafood yang terdiri dari ikan, udang dan cumi-cumi.

Aman Bagi Anak dan Halal

PT Sekar Bumi di Food Hotel Indonesia 2019. (foto: dok. Impact Medium)

"Walaupun pabrik kita sudah punya mesin yang modern tetapi untuk finalize produk ini masih menggunakan tenaga manusia jadi bentuk produk Bumifood lebih original dan otentik," tuturnya.  Produk andalan mereka adalah udang yang mereka olah dari tambak milik mereka di daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Udang di sana termasuk yang terbaik dan kita olah sendiri dengan tenaga manusia sampai dijual dalam kemasan," ungkap Tanne. Menurutnya, perusahaan yang telah berdiri sejak April 1973 ini berkomitmen dalam menyediakan produk makanan berkualitas bagi pelanggan sebagai prioritas.

Selain itu, produk Sekar Bumi seperti SOSIKAN juga baik dikonsumsi anak-anak karena mengandung protein tinggi, asam amino dan omega 6-9, serta mengantongi sertifikasi SNI dan Halal dari MUI.

Produk halal Perseroan tidak hanya enak dan higienis, tapi juga tanpa bahan pengawet. Produk mereka kini hadir merata di seluruh pasar modern di Indonesia dan bahkan dapat dibeli melalui online platform tanah air.

Produk-produk unggulan yang diluncurkan oleh Sekar Bumi dalam gelaran FHI pada 24 – 27 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, antara lain Crispy Mix Seafood & Mini Wonton, Udang ACS King Prawn, Colored Hakau dan Creekstone Tenderloin.

Sejumlah produk mereka dibuat berbagai kreasi menu menarik yang dibuat oleh Chef Gory dan Chef Andy selama pameran berlangsung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Shopee Liga 1 2019: PSS Sleman vs Barito Putera di Vidio

Posted: 26 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Sleman - Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Sabtu (27/7/2019) bakal menyiarkan pertandingan seru, PSS Sleman vs Barito Putera dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Pertandingan ini bakal disiarkan langsung melalui live streaming di Vidio.

Kemenangan menjadi hal yang mutlak bagi PSS Sleman dalam pertandingan pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019 ini. Pasalnya, PSS menelan kekalahan beruntun dalam dua laga sebelumnya, masing-masing melawan PSIS Semarang (17/7/2019) dan Bali United (22/7/2019), dengan skor identik 1-3.

Bermain di kandang sendiri bisa membuat misi PSS merealisasikan kemenangan jadi lebih mudah. Namun, mereka dihadapkan pada situasi lain, yakni tak kompletnya skuat untuk menjamu Barito.

Sementara pelatih Barito Putera, Yunan Helmi, tetap optimistis tim asuhannya bisa mendapatkan poin dari lawatan kali ini. Meski, mereka tak diperkuat bomber asal Brasil, Rafael Silva, yang sedang onfire.

Saksikan Live Streaming Vidio: PSS Sleman vs Barito Putera di Shopee Liga 1 2019 dapat Anda saksikan mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Vidio: PSS Sleman vs Barito Putera di Shopee Liga 1 2019 pada halaman selanjutnya.

 

 

Link Live Streaming

Untuk link Saksikan Live Streaming Vidio: PSS Sleman vs Barito Putera di Shopee Liga 1 2019 silakan klik di sini....

 

Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman (4-4-2): Try Hamdani (kiper); Bagus Nirwanto, Purwaka Yudi, Asyraq Gufron, Derry Rachman (belakang); Guilherme Felipe de Castro, Brian Ferreira, Ricky Kambuaya, Irkham Zahrul Mila (tengah); Arsyad Yusgiantoro, Haris Tuharea

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Arthur Jesus Vieira, Lucas Silva, Andri Ibo, Nazar Nurzaidin (belakang); Rizky Pora, Bayu Pradana, Evan Dimas Darmono (tengah); Samsul Arif, Paulo Sitanggang, Yakob Sayuri (depan)

Pelatih: Yunan Helmi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tindakan Nekat Istri Potong Rambut Selingkuhan Suaminya

Posted: 26 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang yang sudah terbakar api cemburu, pasti akan melakukan cara apapun untuk melampiaskan amarahnya. Itu pun yang baru-baru ini dilakukan seorang wanita dari Vietnam.

Wanita yang tak diketahui identitasnya itu nekat melakukan hal konyol untuk membuat jera selingkuhan suaminya.

Artikel tentang tindakan nekat wanita beri pelajaran ke selingkuhan suami menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel mengenai 5 tingkah kocak anak IPS kala tak ada guru.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang potret Gunung Tangkuban Parahu setelah erupsi tangkapan warga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pergoki Suami, Istri Nekat Potong Habis Rambut Selingkuhannya

(worldofbuzz.com)

Kisahnya bermula ketika wanita itu memergoki suaminya tengah berhubungan seks dengan seorang gadis di salon miliknya. Untuk memberi pelajaran kepada gadis selingkuhan suaminya, wanita itu nekat mencukur rambut gadis itu hingga bondol.

Selengkapnya...

2. 5 Tingkah Kocak Anak IPS Saat Tak Ada Guru, Bikin Ngelus Dada

foto: twitter

Berbicara tentang masa SMA, tentu ada begitu banyak hal nyeleneh yang dilakukan pada masa itu. Terlebih lagi hal-hal yang dilakukan oleh para siswa-siswi IPS. Ya, stereotip anak IPS biasanya dikenal lebih nakal dibandingkan dengan anak IPA.

Ada saja hal-hal nyeleneh yang kerap kali membuat mereka selalu ribut di kelas, terutama saat tak ada guru. 

Selengkapnya...

3. Potret Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Hasil Bidikan Warganet

Pemerintah daerah setempat telah menutup Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Parahu pascaerupsi pada Jumat sore ini (26/7) pukul 15.48 Wib. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Kabar duka kembali menyelimuti warga Indonesia. Gunung Tangkuban Parahu, Subang, Jawa Barat mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) pukul 15..48 WIB.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, peristiwa tersebut langsung menjadi topik yang paling ramai dibahas warganet di lini masa Twitter. Banyak dari warganet bahkan mengunggah berbagai foto yang memperlihatkan Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi.

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Lagu Ibu Pertiwi Jadi Soundtrack Film Bumi Manusia

Posted: 26 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagu Ibu Pertiwi dipilih menjadi soundtrack untuk film Bumi Manusia. Lagu Ibu Pertiwi itu diaransemen ulang oleh Purwacaraka dan akan dibawakan oleh tiga musisi papan atas di Indonesia, yakni Fiersa Besari, Once Mekel, serta Iwan Fals.

Pemilihan lagu Ibu Pertiwi menjadi soundtrack film Bumi Manusia ini bukanlah tanpa alasan. Produser Falcon Picture, Frederica, mengungkapkan alasan tersebut.

Menurutnya, lagu Ibu Pertiwi itu sangat sesuai dengan cerita film Bumi Manusia yang sangat nasionalis.

"Jadi lagu ibu pertiwi itu kami sepakat dijadikan soundtrack, karena ini film dari sastra kami tidak mau merusak dengan adanya soundtrack cinta-cintaan," kata Frederica di kawasan Pasar Minggu, Kamis (25/7/2019).

 

Terbaik

Fiersa Besari, Once Mekel, dan Iwan Fals isi soundtrack film Bumi Manusia.

Sementara itu, Iwan Fals, Once Mekel, dan Fiersa Besari dirasa paling cocok untuk membawakan lagu soundtrack film tersebut.

"Karena ini karya sastra terbaik, makanya kami memang pengin memberikan yang terbaik. Terus munculah Once Mekel, Iwan Fals dan Fiersa Besari. Musisi dari tiga generasi," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP Batam Buka Layanan Klinik Berusaha di Singapura

Posted: 26 Jul 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BP Batam Membuka Klinik Berusaha (Business Clinic) di Singapura, tepatnya di 2nd Indonesia Investment Day 2019 yang menjadi event penting bagi BP Batam dalam mempromosikan berbagai program kerja BP Batam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Batam yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton, Jumat (26/7).

Klinik Berusaha ini merupakan unit layanan baru BP Batam dalam mempermudah para calon investor yang akan berinvestasi di Batam dimana tugas utama unit klinik berinvestasi ini yaitu membantu tugas satgas dengan tujuan memfasilitasi percepatan penyelesaian permasalahan pelaksanaan berusaha baik masih dalam tahap perizinan, pembangunan dan operasional.

Unit layanan klinik berusaha ini berada di gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) dan diresmikan pada 1 Februari 2019 dan dihadiri oleh Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono, Wakil Walikota Batam Amsakar, Kepala BP Batam dan Ketua DPRD Kota Batam.

Dengan adanya klinik berinvestasi di kegiatan 2nd Indonesia Investment Day 2019 di Singapura ini menjadi momentum yang tepat bagi para calon investor yang berminat untuk nvestasi di Batam tetapi masih memiliki berbagai pertanyaan dan keraguan, ini adalah sarana dan waktu yang tepat. Karena sebagai pengelola KBPBB tentunya BP Batam akan memberikan pelayanan terbaiknya dalam melayani para calon investor khususnya di 2nd Indonesia Investment Day 2019.

Di kegiatan 2nd Indonesia Investment Day 2019 ini BP Batam melalui Klinik Berusaha melakukan 22 meeting atau pertemuan rapat dengan para calon investor untuk mengajak para pelaku usaha tersebut berdiskusi dan membahas serta mencari solusi terkait dengan berbagai kedala yang tentunya sering dihadapi oleh para calon investor.

Klinik Berusaha BP Batam ini di hadiri oleh Direktur Lalu Lintas Barang, Direktur Badan Pengelola Pelabuhan Batam, Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana, Direktur PTSP beserta GM Komersial dan Pengembangan Usaha BP Pelabuhan Batam, secara bersama melayani beberapa pelaku usaha yang mendatangi desk BP Batam untuk memberi informasi dan menjawab beragam pertanyaan mengenai kegiatan berusaha serta peluang Investasi di Batam

Kegiatan diawali dengan menerima kunjungan dari Director Business Development of Meinhardt (Singapore) Pte Ltd, Mr Johnson Paul yang menanyakan proses perkembangan Lelang KPBU Bandar Udara Hang Nadim serta rencana pengembangan LRT di Batam. Khusus mengenai LRT dalam diskusinya dengan Direktur Pembangunan Sarana dan Prasana, Purnomo Andiantono, pihak Meinhardt menyarankan alternatif selain LRT untuk dapat diterapkan di Batam, yakni menggunakan jenis APM Railway (Automated People Movers). Hal ini mempertimbangkan biaya Investasi LRT yang tidak lebih murah dibanding MRT, serta luas wilayah Batam serta jumlah penduduknya yang tidak sebanyak Singapura, penerapan APM untuk angkutan massal yang juga dapat dimanfaatkan untuk angkutan kargo, membutuhkan biaya investasi dan operasional yang jauh lebih rendah dibanding menggunakan teknologi LRT

Kunjungan berikutnya adalah dari Pasific Disposable Pte. Ltd yang berkonsultasi mengenai peraturan keluar masuk barang modal dari dan ke wilayah FTZ Batam.

Sementara dari Rapzo Capital, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Informasi Teknologi berdiskusi dengan tim BP Batam mengenai perkembangan KEK Nongsa Digital serta peluang investasi di bidang IT di Batam

Ms Jeann Ong dari Nadathur Fareast Pte Ltd Singapore, tertarik Dengan perkembangan industri pariwisata di Batam, dan mencari informasi mengenai peluang bekerjasama dengan berbagai hotel yang ada di Batam

WEC Engineers & Contruction Pte Ltd, dalam kesempatan yang sama juga mencoba menggali informasi mengenai peluang untuk berinvestasi di Batam dalam hal pengembangan infrastuktur

Smart Storages Singapore, sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam dalam hal warehousing dan logistic, berkunjung ke desk BP Batam untuk menanyakan proses import dan eksport dari dan ke Kawasan FTZ Batam, serta beberapa peraturan pelengkap lainnya, seperti mengenai batasan kewajiban pemenuhan SNI untuk barang-barang yang akan dikirim ke Batam.

Kegiatan desk Business Clinic Hari ini ditutup Dengan kunjungan dari PSA Corporation Ltd yang mengelola Pelabuhan Kargo di Singapura, yang mencoba mencari peluang kerjasama untuk pengembangan pelabuhan Batu Ampar Batam.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS - Guatemala Bersepakat Batasi Pencari Suaka Amerika Tengah

Posted: 26 Jul 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, New York - Amerika Serikat dan Guatemala telah menandatangani kesepakatan dengan AS untuk membatasi warga Amerika Tengah dari mencari suaka di Negeri Paman Sam.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Jumat 26 Juli 2019 bahwa perjanjian itu mensyaratkan para migran yang menyeberang ke Guatemala dalam perjalanan menuju Amerika Serikat, agar mengajukan permohonan perlindungan suaka di Guatemala dan bukannya di perbatasan AS.

"Ini adalah hari yang penting," kata Trump kepada wartawan di ruang Oval, setelah kedua negara menghabiskan berbulan-bulan merundingkan perjanjian itu seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (27/7/2019).

"Perjanjian penting ini akan membuat para penyelundup gulung tikar," kata Trump.

Ketentuan Perjanjian

Donald Trump dalam safari politiknya di Biloxi, negara bagian Mississippi, pada November 2018 (AFP/Jim Watson)

Presiden awal pekan ini mengancam untuk mengenakan tarif kepada Guatemala, jika tidak mencapai kesepakatan imigrasi dengan Amerika Serikat.

Di bawah ketentuan perjanjian, migran yang melarikan diri dari penganiayaan di El Salvador dan Honduras, akan diminta untuk mencari suaka di Guatemala, pintu gerbang ke Meksiko dan Amerika Serikat. Mereka yang tidak mengajukan suaka di Guatemala dan melanjutkan ke utara akan dikirim kembali ke Guatemala oleh otoritas imigrasi AS.

Penjabat Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Kevin McAleenan mengatakan kepada wartawan Jumat, mengizinkan para pencari suaka untuk membuat klaim suaka "sedini mungkin" akan mencegah orang melakukan perjalanan ke perbatasan AS di tangan penyelundup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Makanan Penambah Darah yang Wajib Dikonsumsi Penderita Anemia

Posted: 26 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normalnya. Anemia juga bisa terjadi jika sel-sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin. Hemoglobin sendiri merupakan protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah. Protein inilah yang membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Nah kalau kamu memiliki anemia, menandakan bahwa tubuh kamu tidak mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen. Akibatnya, kamu mungkin akan merasakan lelah atau lemah. Kamu juga mungkin akan memiliki gejala lainnya, seperti sesak napas, pusing, atau sakit kepala.

Anemia tidak boleh dianggap sepele, pasalnya bila anemia berlangsung lama bisa merusak jantung, otak, dan organ lain dalam tubuh. Anemia sangat parah bahkan dapat menyebabkan kematian. Nah, untuk mengatasi kurang darah ini kamu perlu mengonsumsi secara rutin makanan-makanan yang mengandung zat besi.

Berikut ini Liputan6.com, Sabtu (27/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menambah darah untuk penderita anemia.

Bayam

Bayam / Sumber: iStockphoto

Kekurangan zat besi bisa memicu anemia atau kurang darah. Untuk itu, dianjurkan untuk mencukupi konsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Salah satu makanan yang mudah ditemukan dikonsumsi adalah bayam.

Pada bayam mengandung banyak sekali nutrisi dan rendah kalori. Sayuran ini dikenala kaya akan kalsium, vitamin A, B9, E, dan C, zat besi, serat serta neta karoten. Penelitian menemukan bahwa setengah cangkir bayam rebus mengandung 3,2 mg zat besi.

Oleh karena itu, bayam sangat baik dikonsumsi untuk kamu yang mengalami anemia. Ada berbagai macam olahan sehat yang bisa kamu lakukan untuk menyantap bayam ini. Misalnya saja dengan merebus, menumis, dan lain sebagainya. Cara ini akan lebih memudahkan tubuh dalam menyerap nutrisinya.

Daging Merah

Daging Merah

Produk makanan yang mengandung zat besi lainnya bisa kamu dapatkan dari daging merah. Ya, untuk zat besi sendiri sebanarnya terbagi menjadi dua jenis, heme dan non-heme. Zat besi non0heme biasa ditemukan pada tanamam hijau dan zat besi heme sering ditemukan pada daging merah.

Nah, untuk penderita anemia, sering mengonsumsi daging merah segar seperti daging sapi, domba segar sangat dianjurkan. Jantung, ginjal, dan hati dari daging merah adalah bagian-bagian yang mengandung zat besi paling banyak.

Pasalnya ini bisa membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Selain kaya akan zat besi, daging merah juga mengandung berbagai nutrisi penting dan membantu menjaga kesehatan tubuh.

Pada tiga ons daging sapi yang dimasak atau daging ayam memiliki sekitar 1 sampai 2,5 mg zat besi heme. Konsumsi setidaknya dua sampai tiga kali seminggu. Selain itu, pada tiga ons hati sapi atau hati ayam akan membantu dalam meningkatkan jumlah sel darah merah karena mengandung sekitar 2,1 mg zat besi heme.

Tomat

Tomat / sumber: iStockphoto

Khasiat tomat memang sudah tidak diragukan lagi. Tomat dikenal kaya akan beta karoten dan vitamin E, tetapi juga zat besi.

Cara menginsumsi tomat untuk mendapatkan manfaatnya untuk menambah darah bagi penderita anemia adalah cukup makan satu atau dua tomat mentah setiap hari untuk meningkatkan vitamin C dalam tubuh dan mendorong penyerapan zat besi dengan cepat.

Cara lain untuk mengonsumsinya adalah dengan minum jus tomat mentah setiap harinya. Tambahkan juga tomat dalam makanan sehari-harinya.

Madu

Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Madu juga kaya akan zat besi, vitamin, dan mineral. Terdapat sekitar 0,42 mg zat besi di dalam 100 gram madu. Selain itu, madu juga mengandung tembaga dan magnesium yang akan membantu meningkatkan hemoglobin.

Nah, untuk mendapatkan manfaat madu sebagai penambah darah, kamu bisa menambahkan satu sendok makan madu ke segelas jus lemon. Atau bisa juga langsung mengonsumsinya dengan satu sendok madu di pagi hari.

Kismis

Ilustrasi buah kering - kismis (iStockphoto)

Buah kering yang satu ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan untuk bantu menambah darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi di dalam kismis. Di dalam 2/3 gelas kismis mengandung zat besi sekitar 2 gram.

Kamu bisa menikmati buah kering ini dengan berbagai cara seperti ditambahkan ke dalam kue, sereal, oatmeal, dan lain sebagainya.

Masih ada banyak makanan lainnya yang bisa bantu menambah darah seperti sereal, roti, kacang polong, anggur, melon, kiwi, stroberi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya penderita anemia tidak hanya fokus mengonsumsi buah dan sayuran penambah darah saja, yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga pola hidup sehat. Kamu juga disarankan untuk konsultasi dengan dokter untuk penanganan dan perawatan anemia yang dialami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembalap Italia Diprediksi Baru 4 Tahun Lagi Bisa Jadi Juara Dunia MotoGP

Posted: 26 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Brno - Pengamat MotoGP asal Italia, Carlo Pernat, meyakini bahwa negaranya takkan meraih gelar dunia di kelas tertinggi dalam waktu dekat, meski mereka memiliki enam pebalap sebagai perwakilan. Hal ini dinyatakan Pernat kepada Paddock GP.

Saat ini, Italia punya Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Valentino Rossi, Franco Morbidelli, Andrea Iannone, dan Francesco Bagnaia. Meski begitu, Pernat yakin tak satu pun dari mereka berpeluang nyata untuk meraih gelar dunia sampai empat tahun ke depan.

Meski Italia tengah menjalani masa bangkit dari keterpurukan lewat jumlah pembalap yang makin banyak di arena MotoGP, Pernat masih beranggapan bahwa proyek mereka masih sangat tertinggal dari Spanyol.

"Kita harus menyadari Spanyol selalu lebih maju. Jika lihat persaingan musim ini, sudah tiga rider mereka yang naik podium: Marc Marquez, Alex Rins, Maverick Vinales ada di grup terdepan. Untuk Italia, ini bukan masa-masa yang baik!" ujar Pernat.

"Tiga atau empat tahun kedepan, tak ada peluang juara bagi Italia, karena usia Vale saya rasa sudah mustahil, meski ia masih bisa kompetitif. Dovi juga sudah tua dan saat ini tak menjalani momen terbaik. Setelah mereka, Italia tak punya 'cadangan'," lanjutnya.

Dua rider muda Italia, Bagnaia dan Morbidelli juga disebut Pernat kurang menonjol meski keduanya merupakan juara dunia Moto2. Saat ini rider muda Italia lainnya juga masih turun di kelas yang lebih rendah dan bakal butuh waktu untuk naik ke MotoGP.

"Pecco tak impresif dengan Ducati. Franco tak buruk, tapi kami harus tunggu Bastianini, Baldassarri, Marini, Arbolino, Dalla Porta. Ini bakal butuh tiga atau empat tahun. Ini alasan saya bilang Italia takkan juara. Semoga saya salah, tapi ini bukan pikiran negatif. Ini kenyataan!" ungkap Pernat.

Ikut Bangga

Fabio Quartararo, pembalap MotoGP asal Prancis yang berdarah Italia. (Mohd RASFAN / AFP)

Meski begitu, Pernat yakin Italia bisa ikut berbangga bila rider muda Prancis yang membela Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menjuarai MotoGP dalam waktu dekat. Pasalnya, El Diablo juga berdarah Italia.

"Ada Fabio Quartararo, yang kedua orang tuanya merupakan orang Italia. Jadi, jika ia jadi juara, mungkin kami bisa ambil fakta bahwa orang tuanya orang Italia!" tutur Pernat sembari tertawa.

Rossi Belum Menang

Musim ini, Italia juga baru mengoleksi dua kemenangan, yakni lewat Dovizioso di Qatar dan Petrucci di Qatar. Rossi sendiri belum meraih kemenangan lagi sejak MotoGP Belanda pada 2017 lalu.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuka 4 Hours: Pembalap Yamaha Racing Indonesia Rebut Pole Positions

Posted: 26 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Suzuka- Penampilan meyakinkan ditunjukkan oleh pembalap Yamaha Racing Indonesia, M Faerozi pada sesi kualifikasi Suzuka 4 Hours, Sabtu (26/7/2019) kemarin. Dia meraih pole-position atau posisi terdepan dalam sesi kualifikasi gelaran Suzuka 4 Hours yang diikuti 50 tim.

Pembalap binaan Yamaha Racing Indonesia ini mencatat best-time 2 menit 15,917 detik. Berjarak signifikan 1,5 detik dengan posisi ke-2nya.

Sebelumnya Faeroz yang mengusung tim Yamaha Indonesia & Ito Racing menjadi yang tercepat dalam dua kali sesi latihan bebas (Free Practice). Catatan penting, bahwa ini penampilan pertama Faeroz di Suzuka 4 Hours dengan pacuan Yamaha YZF R6. Adapun pendampingnya ialah rider Jepang, Maiku Watanuki.

"Ini kali pertama saya mengikuti kejuaraan balap 600 cc dan mengendarai YZF-R6 di Suzuka 4 Hours. Saya sangat enjoy untuk belajar skill balap, tentang racing-line, tentang motor dan semuanya untuk lebih baik kedepan. Alhamdulillah, saya di kualifikasi dapat meraih pole position," ujarnya seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

Dia mengaku akan mempersiapkan fisik untuk balapan hari ini. Apalagi cuaca saat Suzuka 4 Hours disebutnya sulit diprediksi."Saya akan start pertama dengan Le Mans Style dan saya bersama team-mate saya, Maiku Watanuki akan berjuang untuk menjadi juara," katanya.

 

 

Ditonton Bos

Pembalap Yamaha Racing Indonesia, M Faerozi saat beraksi di Suzuka 4 Hours (dok: Yamaha)

Turut hadir mendampingi dan mensupport Faeroz ialah Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Hasil ini memberi kebahagiaan tersendiri dan berharap hasil terbaik dapat diraih Faeroz pada penampilan perdananya.

"Saya sangat bangga dengan Faeroz karena berada di posisi teratas diantara 100 pembalap yang bergabung di Suzuka 4 Hours. Feroz menjalani latihan singkat dengan YZF-R6 di Suzuka namun dapat mencapai perfoma terbaik. Saya berharap ia dapat berparung optimal di Suzuka 4 Hours untuk meraih podium. Yamaha Semakin Di Depan, GassPoll," ujar Minoru Morimoto.

Adapun jadual race Suzuka 4 Hours pada Sabtu (27 Juli) ialah sesi starting procedure selama setengah jam, dimulai pukul 8.30 hingga 9.00 waktu Jepang. Selanjutnya race dimulai pukul 9 hingga 13.00.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wagub Jabar: Gunung Tangkuban Parahu Ditutup untuk Wisatawan

Posted: 26 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, objek wisata Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat ditutup untuk wisatawan pascaerupsi yang terjadi pada Jumat (26/7/2019).

"Jelas kalau wisata ditutup sementara, karena situasi dan kondisi seperti itu," kata Uu usai menghadiri acara seribu anak menggiring bola di Kabupaten Garut, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (27/7/2019).

Menurut dia, hasil laporan erupsi Gunung Tangkuban Parahu tidak membahayakan manusia, semua dalam kondisi aman selama mengikuti arahan dan instruksi dari aparat berwenang.

"Insya Allah tidak membahayakan, aman-aman saja oleh karena itu saya paham masyarakat tenang saja, ikuti instruksi dari pemerintah, informasi dari pemerintah," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung api tersebut untuk menghindari ancaman yang membahayakan.

"Jadi jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak dianjurkan pemerintah," katanya.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, Gunung Tangkuban Perahu terjadi erupsi pada Jumat pukul 15.48 WIB yang tidak didahului oleh peningkatan kegempaan vulkanik.

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

Gunung Tangkuban Parahu diketahui erupsi pada Jumat, 26 Juli 2019 lalu. Kordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut, jatuhan erupsi terdapat di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini berjarak sekitar 10 kilometer lebih dari kawasan erupsi.

"Terkait status sedang dievaluasi, daerah wisata telah ditutup," tulis BNPB via akun Twitter resminya, seperti dilihat Liputan6.com, Jumat (26/7/2019).

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bandung Barat tengah ke lokasi kejadian. Pantauan dari kantor BPBD Kabupaten Bandung Barat dengan jarak 17 - 20 Km dari Gunung Tangkuban Perahu, tidak kelihatan adanya abu erupsi.

"Informasi dari masyarakat di Kecamatan Cisarua ada abu mengarah ke sana," lanjut tulis akun Twitter BNPB.

Gunung Tangkuban Parahu erupsi pada pukul 15.48 WIB, Jumat (26/7/2019). Kolom abunya mencapai ketinggian sekitar 200 meter di atas puncaknya.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan," kata Kepala Pusat Vulkanologi Meteorologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi, Kasbani saat dikonfirmasi.

Kasbani menjelaskan, erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi sekitar 5 menit 30 detik. Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada status level I atau normal.

Meski demikian, masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu baik pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ambisius, Suzuki Kejar Target Ekspor ke-100 Negara

Posted: 26 Jul 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan ekspor dari industri otomotif. Bahkan, hal tersebut disambut baik oleh Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), yang menargetkan total 300 ribu unit tahun ini, dan mengejar 1 juta unit pada 2025.

Hal tersebut juga sejalan dengan target besar ekspor dari pabrikan mobil yang beroperasi di Indonesia, dan salah satunya Suzuki. Bahkan, pabrikan berlambang huruf S ini, memiliki ambisi besar menuju ekspor ke-100 negara.

"Itu target dalam beberapa waktu ke depan. Kita belum bisa sampaikan, kapan hal tersebut bisa terealisasi karena memang butuh proses," jelas Domu Arisanto, Overseas Sales & Marketing Section Head, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), saat ditemui di booth Suzuki GIIAS 2019, ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Lanjutnya, dalam penentuan target negara ekspor baru, memang dilakukan antara Suzuki Indonesia dan pihak prinsipal.

"Kalau penunjukan negara baru, dilakukan sama-sama. Kita mempelajari market-nya, dan mendapatkan banyak masukan dari prinsipal. Kita juga lagi antusias menunggu market baru," tegasnya

Total Ekspor

Sementara itu, berbicara total ekspor tahun ini, sepanjang semester satu, Suzuki telah mengekspor secara CBU sebanyak 13.023 unit. Semester dua, akan kita kejar menjadi 26.803 unit.

"Jadi, secara total ekspor CBU tahun ini kita tergetkan sebanyak 39.826 unit, dengan tiga kontribusi utama, yaitu Ertiga, Carry, dan APV Van," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Cinta Cut Meyriska dan Roger Danuarta Hingga Jelang Pernikahan

Posted: 26 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia bakal menyelimuti pasangan Cut Meyriska dan Roger Danuarta. Dua sejoli yang selalu menutup-nutupi kedekatan mereka ini dikabarkan bakal segera melepas masa lajangnya. 

Berita ini terkuak lantaran tersebarnya undangan pernikahan yang diduga milik Cut Meyriska dan Roger Danuarta di dunia maya. Dalam undangan tertulis pernikahan itu akan dilangsungkan pada Minggu, 25 Agustus 2019 mendatang. 

Sayangnya, tidak diketahui di mana akad nikah akan diselenggarakan. Sepertinya lokasi pernikahan tersebut masih dirahasiakan. Rumor pernikahan Roger dan Cut Meyriska semakin membuat penasaran karena sebelumnya mereka telah mengirim seragam bridesmaid untuk pada sahabatnya.

Bukan perkara mudah bagi dua pasangan ini melangkah ke jenjang yang lebih serius. Pasalnya hubungan Cut Meyriska dan Roger Danuarta sempat tak direstui orang tua Cut Meyriska. Berikut fakta perjalanan cinta Cut Meyriska dan Roger Danuarta yang dirangkum.

 

1. Kedekatan

Cut Meyriska dan Roger Danuarta

Kabar kedekatan Cut Meyriska dan Roger Danuarta sudah tercium saat sama-sama membintangi sinetron 7 Manusia Harimau. Namun saat itu mereka berdua kompak membantah kabar kedekatan tersebut. 

 

2. Tak direstui 

Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

Hubungan Roger Danuarta dan Cut Meyriska sempat tidak direstui orang tua pihak wanita. Bahkan ayah Cut Meyriska seolah menolak mentah-mentah kehadiran Roger Danuarta di kehidupan anaknya itu. 

Namun seiring berjalannya waktu, sepertinya Ayah Cut Meyriska perlahan mulai menerima Roger Danuarta. Nampaknya Roger berhasil meluluhkan hati calon mertuanya itu. 

 

3 Masuk Islam

Kabar bahagia datang dari pasangan selebriti Cut Meyriska dan Roger Danuarta. Beberapa dikabarkan akan segera melangsungkan pernikahan, photo prewedding akhrinya tersebar di dunia maya. (Liputan6.com/IG/dierabachir)

Pada 2018, Roger Danuarta dikabarkan telah memeluk islam. Banyak berita yang meyebutkan Cut Meyriska-lah yang menjadi alasan Roger memutuskan untuk berpindah keyakinan. 

Dan sempat beredar kabar, Cut Meyriska-lah yang mengantar Roger Danuarta saat hendak mengucap dua kalimat syahadat. 

 

4. Dilamar secara romantis

Roger Danuarta lamar Cut Meyriska (Sumber: YouTube/Cut Meyriska Official)

Tak disangka-sangka setelah Cut Meyriska turun dari paralayang yang dinaikinya, ia mendapat kejutan manis dari Roger. Rupanya Roger telah mempersiapkan serangkaian peralatan untuk melamar Cut Meyriska.  

"I love you so much, Will You Marry Me?", tanya Roger sambil bertekuk lutut di hadapan Cut Meyriska yang akhirnya di respon malu-malu oleh wanita kelahiran Medan 1993 ini "Yes I Do." 

Usai mendengar jawaban dari Cut Meyriska, Roger tidak bisa berhenti tersenyum, rona bahagia terus terpancar dari wajahnya. Tak hanya itu, Roger langsung menyematkan cincin ke jari manis Cut Meyriska.

 

5. Dikabarkan menikah

Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab Syar'i, Anggun dan Mempesona (sumber:Instagram/cutratumeyriska)

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi mengenai kabar pernikahan mereka. Namun sempat beredar foto-foto Cut Meyriska dan Roger Danuarta diduga tengah melangsungkan foto prawedding.

(Nurul Hasanah/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Piala AFF: Veitnam vs Timnas Indonesia U-15 di SCTV

Posted: 26 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Chonburi - Langkah Timnas Indonesia U-15 mempertahankan gelar Piala AFF U-15 dimulai hari ini, Sabtu (27/7/2019). Mereka akan menghadapi Vietnamdi Lapangan 1 Stadion Kampus Chonburi, Thailand.

Di ajang ini, Timnas Indonesia U-15 berstatus sebagai juara bertahan. Misi membawa pulang kembali Piala AFF U-15 diyakini tidak akan mudah. Sebab, banyak perubahan yang dialami Timnas Indonesia U-15. Mulai tongkat kepelatihan yang berpindah dari Fakhri Husaini ke Bima Sakti, juga komposisi pemain.

indo

Timnas Indonesia U-15 tidak lagi diperkuat Bagus Kahfi, Bagas Kahfa, Sutan Zico, dan lain-lain, yang tercatat sebagai personel yang merengkuh trofi Piala AFF U-15 tahun lalu. Skuat berjulukan Garuda Asia itu sekarang didominasi pemain yang berasal dari Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16.

Di sisi lain, Vietnam juga serius menghadapi Piala AF U-15 2019. Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengumpulkan pemain dan pelatih Dinh The Nam pada Rabu (24/7/2019), khusus bertujuan mematangkan target melaju ke partai final di turnamen ini.

"Kami siap untuk turnamen ini dan akan mencoba yang terbaik untuk dapat melaju hingga ke final," ujar Dinh The Nam, dikutip dari Bong Da.

Saksikan Live Streaming SCTV: Veitnam vs Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF dapat Anda saksikan mulai pukul 15.00 WIB.

Dapatkan link Saksikan Live Streaming SCTV: Veitnam vs Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Saksikan Live Streaming SCTV: Veitnam vs Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF silakan klik di sini....

Daftar Skuat Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF 2019

Kiper: I Made Putra Kaicen (Bali United), Muhammad Assyurah Al Faqih (PSM Makassar), Nevin Geraldo Kosasih (Perseru Badak Lampung)

Belakang: Marcell Januar Putra (Bali United), Kadek Arel Priyatna (Bali United), M. Fajar Setiawan (Persija Jakarta), Mochamad Aditya Rangga Saputra (Borneo FC), Muhammad Khakim Al Mukhasibi (Bhayangkara FC), Alfin Farhan Lestaluhu (SKO Ragunan)

Tengah: Resa Aditya Nugraha (Tira Persikabo), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Ruy Arianto (Persebaya Surabaya), Dimas Juliono Pamungkas (Persib Bandung), Diandra Diaz Dewari (Persib Bandung), Mikael Alfredo Tata (Persipura Jayapura), Ahmad Athallah Araihan (SKO Ragunan), Dio Rizky Saputra (Persebaya Surabaya), Aditya Daffa Al Haqi (Barito Putera)

Depan: Muhammad Valeron (Persib Bandung), Mochamad Faizal Shaifullah (Persela Lamongan), Franciscus Valentino Amaral (PSIS Semarang), Alexandro Felix Kamuru (Barito Putera), Wahyu Agong Drajat Mulyono (Persebaya Surabaya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJT Beberkan Cara Mudah dan Aman Investor Masuk Bisnis Jalan Tol

Posted: 26 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merayu para investor asing agar mau menanamkan modal di bisnis jalan tol. Pemerintah memang terus membangun tol untuk mendorong konektivitas sehingga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan, masih banyak investor asing takut untuk mengambil risiko investasi berbasis proyek. Untuk itulah, menurut Danang, ada tiga cara investasi yang mudah dan aman untuk para investor asing dapat memulai berinvestasi di bisnis jalan tol.

"Cara yang pertama adalah investasi melalui pasar modal. Saat ini sudah banyak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang perusahaan terbuka, sehingga investor dapat dengan mudah membeli saham atau membuat kesepakatan strategis langsung dengan BUJT," papar Danang dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/7/2019).

Cara yang kedua, ia melanjutkan, yakni dengan membentuk konsorsium perusahaan dengan 33 BUJT di Indonesia. "BPJT selaku regulator dapat memfasilitasi investor yang tertarik dalam skema investasi ini," ungkapnya.

"Tentu saja hal ini aman bagi investor asing, mengingat BUJT memahami betul proses bisnis jalan tol sehingga mengurangi risiko yang harus dihadapi oleh investor asing," sambung Danang.

Sedangkan cara yang ketiga, ia mengajak para investor yang berani mengambil risiko untuk dapat coba melakukan investasi langsung ke Indonesia dengan membentuk BUJT dan menjadi lead konsorsium.

"Sudah ada beberapa perusahaan asing yang melakukan hal ini. Biasanya adalah perusahaan yang awalnya memang bergerak di bisnis jalan tol," tukas Danang.

RI Butuh Rp 2.058 Triliun untuk Infrastruktur hingga 2024

Suasana proyek pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi II di Depok, Jawa Barat, Rabu (27/2). Proses pembebasan lahan yang berlarut-larut hingga lebih dari 8 tahun menjadi penyebab proyek jalan tol itu tertunda penyelesaiannya. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta dalam pembangunan, infrastruktur khususnya jalan tol. Salah satunya, yakni melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Melalui skema KPBU, pemerintah bertujuan mengatasi ketimpangan pendanaan (financial gap) infrastruktur, terutama jalan tol demi ketepatan waktu penyelesaiannya. Sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi negara dan masyarakat," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pada Senin 22 Juli 2019. 

Menteri Basuki menganggap, investasi swasta dibutuhkan lantaran pendanaan pemerintah dalam penyediaan infrastruktur terbatas. Kemampuan APBN untuk 2020–2024 diproyeksikan hanya mampu memenuhi 30 persen, atau sekitar Rp 623 triliun dari total kebutuhan anggaran untuk penyediaan infrastruktur sebesar Rp 2.058 triliun.

Untuk 2019 ini, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melelang tujuh ruas jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp 151,13 triliun.

"Keterlibatan swasta membawa dampak daya ungkit (leverage) dari hasil investasinya, sehingga keuntungan dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur lainnya," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit.

Jalan Tol yang akan Dilelang

Pekerja beraktivitas di lokasi proyek Tol Cijago Seksi II di Depok, Jawa Barat, Rabu (27/2). Proses pembebasan lahan yang berlarut-larut hingga lebih dari delapan tahun menjadi penyebab proyek jalan tol tersebut molor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebanyak 7 jalan tol yang akan dilelang merupakan ruas tol usulan dari badan usaha yakni;

1. Jalan Tol Semanan–Balaraja sepanjang 31,9 km

2. Kamal–Teluknaga–Rajeg (38,6 km)

3. Akses Menuju Pelabuhan Patimban (37,7 km)

4. Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap (18,4 km)

5. Yogyakarta–Bawen (77 km)

6. Solo–Yogyakarta–New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo (91,93 km)

7. Balikpapan–Penajam Paser Utara (7,35 km)

Dari ketujuh ruas tol, Jalan Tol Balikpapan–Penajam Paser Utara sudah dilakukan pelelangan dengan metode lelang hak menyamakan penawaran (right to match) pada PT Tol Teluk Balikpapan. Sementara ruas tol lainnya masih dalam tahap finalisasi desain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Meriahnya Pembukaan Pan American Games Lima 2019

Posted: 26 Jul 2019 09:00 PM PDT

Penyanyi Puerto Rico Luis Fonsi tampil selama Upacara Pembukaan untuk Pan American Games 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Fernando Vergara)

Penyanyi Puerto Rico Luis Fonsi tampil selama Upacara Pembukaan untuk Pan American Games 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Fernando Vergara)

Peraih medali perak Olimpiade Cecilia Tait, dari Peru, menyalakan api Pan American selama Upacara Pembukaan di stadion Nasional di Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Martin Mejia)

Peraih medali perak Olimpiade Cecilia Tait, dari Peru, menyalakan api Pan American selama Upacara Pembukaan di stadion Nasional di Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Martin Mejia)

Penari tampil dalam Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Penari tampil dalam Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Stefano Peschiera dari Peru membawa bendera nasionalnya selama Upacara Pembukaan untuk Pan American Games 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Stefano Peschiera dari Peru membawa bendera nasionalnya selama Upacara Pembukaan untuk Pan American Games 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Penari menaiki kuda saat tampil dalam Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Penari menaiki kuda saat tampil dalam Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Penari tampil dalam Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Fernando Vergara)

Penari tampil dalam Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Fernando Vergara)

Kembang api terlihat selama Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Fernando Vergara)

Kembang api terlihat selama Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Fernando Vergara)

Kembang api terlihat selama Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Fernando Llano)

Kembang api terlihat selama Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Fernando Llano)

Penari tampil dalam Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Penari tampil dalam Upacara Pembukaan Pan American Games Lima 2019 di Estadio Nacional, Lima, Peru (26/7/2019). Pan American Games XVIII diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2019. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Filosofi Ember Jadi Andalan Rafi Ahmad di Pemilihan Lurah Paskibraka 2019

Posted: 26 Jul 2019 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Paskibraka 2019 asal Banten, Rafi Ahmad Falah terpilih menjadi Lurah Desa Bahagia.

Saat berkampanye di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur, pada Jumat malam, 26 Juli 2019, filosofi ember berwarna ungu berhasil mengantarkannya sebagai pemimpin Desa Bahagia.

"Ember berwarna ungu tua mempresentasikan kehangatan saudara. Dan, ruang kosong dalam wadah ini akan diisi oleh air yang adalah kita," ujar calon Paskibraka Nasional 2019 yang sering menjuarai lomba pidato.

"Saya ingin mempersatukan perbedaan dan keberagaman, menumbuhkam jiwa dalam angkatan maupun pasukan. Indonesia tidak sama tapi siap kerja sama," katanya dengan lantang.

Kata-kata Rafi pun sukses menggaet perhatian 68 orang calon Paskibraka Nasional 2019, meski hanya punya waktu dua menit untuk mempersiapkan diri.

Dia mengaku bahwa mengambil referensi filosofi warna dari lambang-lambang sewaktu dia mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera di kota, kabupaten, sampai provinsi.

Setelah dilantik, Rafi bertekad bisa menjadi seorang pemimpin yang terbuka dan menerima segala masukan serta kritikan, tapi tetap tegas.

"Saya berusaha sebaik mungkin untuk terbuka dan mempersatukan perbedaan-perbedaan ini. Kemudian berusaha sabar dan tidak marah," Rafi menekankan. 

 

Tantangan Rafi

Calon Paskibraka Nasional 2019 asal Banten, Rafi Ahmad Falah terpilih sebagai Pak Lurah Desa Bahagia di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur. (Liputan6.com/Sammy 'Azmi)

 

Rafi menambahkan bahwa tantangan terbesar yang dihadapinya saat ini adalah mempersatukan seluruh calon Paskibraka Nasional 2019.

Dia berharap, semua temannya dapat bekerja sama dengan baik dan saling menghargai perbedaan yang ada. 

Lucunya, Rafi menilai perwakilan dari DKI Jakarta, Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar sebagai salah satu tantangan tersendiri.

"Dia itu orangnya lebih senang bercanda, senang bergurau, dia pun tidak jaim sama teman-teman. Sebetulnya kalau menyampaikan hal yang tegas pun harus menyampaikan dengan cara seperti dia agar dia juga bisa menerima," kata Rafi. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bak Pinang Dibelah Dua, Model Cilik Ini Mirip Dengan Rihanna

Posted: 26 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Model cilik bernama Ala'a Skay menjadi perbincangan karena wajahnya mirip dengan Rihanna. Fotonya pernah diunggah Rihanna di Instagramnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duolingo dan Twitch Bikin Video Streaming Pembelajaran Bahasa

Posted: 26 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Layanan pembelajaran bahasa Duolingo dan video streaming Twitch menjalin kemitraan bertajuk Duolingo Verified Streamer Program.

Bagi Twitch, ini merupakan hal baru, mengingat streamer di Twitch biasanya melakukan siaran langsung ketika bermain gim.

Melaui program ini, sebagaimana dikutip dari Engadget, Sabtu (27/7/2019), sejumlah streamers akan menggunakan kanal mereka untuk mengajarkan bahasa-bahasa yang mereka kuasai.

Jika dibandingkan dengan metode lainnya yang bersifat statis, seperti rekaman video, buku atau rekaman audio, siaran langsung ini dinilai lebih menjanjikan.

Selama sesi belajar berlangsung, pengguna akan dapat berinteraksi dengan streamer yang berperan sebagai guru. Oleh sebab itu, pengguna akan mendapatkan umpan balik dan bantuan.

 

Bahasa yang Diajarkan

Setiap streamer akan ditempatkan di kanal utama Duolingo di Twitch dan juga subkanal bahasa.

Bahasa-bahasa yang diajarkan di dalam program ini mencakup bahasa Inggris, Prancis, Arab, Cina dan Spanyol. Namun, ke depannya cakupan bahasa akan diperluas.

Saat ini baru ada 12 streamers yang akan berpartisipasi di program ini, tetapi angka ini juga akan bertambah seiring program ini berlangsung.

Beberapa nama di antaranya adalah Kairi, Kitty, TaikiGG, CJayride dan Toastie202.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 85 Voters yang Diundang PSSI untuk Datang ke KLB Hari Ini

Posted: 26 Jul 2019 08:55 PM PDT

Jakarta PSSI mengundang 85 pemilik hak suara atau voters untuk menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (27/7/2019). Jumlah ini tidak berubah ketika PSSI menggelar kongres tahunan pada 20 Januari lalu di Bali.

Sebanyak 85 voters terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI, 18 klub Liga 1, 16 tim Liga 2, 16 tim Liga 3, dan 1 Asosiasi Futsal Indonesia.

"Voters yang akan hadir sebanyak 85. Tidak ada perubahan seperti kongres Januari lalu," imbuh Direktur Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo, ketika dihubungi Bola.com.

Gatot menambahkan, pihaknya membuka registrasi untuk voters KLB PSSI pada pukul 18.00 WIB. Sekitar satu jam berselang, KLB dimulai.

"Rencana kami membuka registrasi pukul 18.00 WIB. Pukul.19.00 WIB akan dimulai," tutur Gatot.

Saat KLB berlangsung, agenda yang dibahas hanya tiga. Meliputi penetapan Komite Pemilihan (KP), Komite Banding Pemilihan (KBP), dan pengesahan revisi Statuta PSSI.

Daftar Voters KLB PSSI

Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Mercure Ancol, Kamis (10/11/2016). (Bola.com/NIcklas Hanoatubun)

Asosiasi Provinsi (Asprov)

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Riau

5. Jambi

6. Kepulauan Riau

7. Sumatra Selatan

8. Bangka Belitung

9. Bengkulu

10. Lampung

11. Banten

12. DKI Jakarta

13. Jawa Barat

14. Jawa Tengah

15. DI Yogyakarta

16. Jawa Timur

17. Kalimantan Barat

18. Kalimantan Tengah

19. Kalimantan Timur

20. Kalimantan Selatan

21. Kalimantan Utara

22. Gorontalo

23. Sulawesi Utara

24. Sulawesi Tengah

25. Sulawesi Selatan

26. Sulawesi Tenggara

27. Sulawesi Barat

28. Bali

29. Nusa Tenggara Barat

30. Nusa Tenggara Timur

31. Maluku

32. Maluku Utara

33. Papua

34. Papua Barat

Liga 1

Shopee Liga 1 Logo. (Bola.com/Dody Iryawan)

1. Persija Jakarta

2. PSM Makassar

3. Bhayangkara FC

4. Persib Bandung

5. Persebaya Surabaya

6. Arema FC

7. Borneo FC

8. Madura United

9. Barito Putera

10. PSIS Semarang

11. Bali United

12. Persipura Jayapura

13. Persela Lamongan

14. Perseru Serui

15. PS Tira

16. Semen Padang FC

17. PSS Sleman

18. Kalteng Putra

Liga 2

Logo Liga 2 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

1. Mitra Kukar

2. Persiraja Banda Aceh

3. Aceh United FC

4. Persita Tangerang

5. Persis Solo

6. PSPS Riau

7. Perserang Serang

8. Cilegon United FC

9. Sriwijaya FC 

10. PSMS Medan

11. Madura FC

12. PSIM Yogyakarta

13. PS Mojokerto Putra*

14. Martapura FC

15. Blitar United

16. Persiba Balikpapan

17. Persik Kediri

18. Persewar Waropen

19. Bogor FC

20. PSGC Ciamis

21. PSCS Cilacap

22. Persatu Tuban

*: Didiskualifikasi dari kompetisi

Liga 3

1. AS Abadi Pekanbaru

2. Solok FC

3. Persiba Bantul

4. Lampung Sakti FC

5. Perssu Sumenep

6. Persijap Jepara

7. PSBK Kota Blitar

8. PSN Ngada

9. Celebest FC

10. Persinga Ngawi

 

Asosiasi

1. Asosiasi Futsal

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City dan Juventus Tarik Ulur soal Rencana Transfer Alves

Posted: 26 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menyebut Dani Alves sebagai penandatanganan 'ideal' untuk timnya musim panas ini. Pemain asal Brasil itu kini menyandang status bebas transfer setelah hengkang dari Paris Saint Germain (PSG).

Sport melansir, Alves kini sedang berlibur setelah mengikuti Copa America 2019 bersama timnas Brasil. Hingga sekarang ia masih belum memutuskan di mana akan bermain musim depan.

Selain Alves, Manchester City juga mengincar Joao Cancelo. Pemain Juventus sering dikaitkan dengan tim pemenang treble domestik ini. Tapi, mereka tidak mau memenuhi harga yang diminta.

Selain itu, City harus menjual Danilo sebelum menandatangani Cancelo atau pemain lain. Dikatakan bahwa Juventus dan City tampaknya menjadi tujuan yang lebih layak untuk Alves.

Sementara itu, peluang klub Turin untuk menandatangani mantan bintang Barcelona itu, tergantung apakah Cancelo akan pindah ke Etihad atau tidak. Di sisi lain Guardiola juga akan berpaling ke Alves jika mereka gagal mendaratkan pemain Juve.

Manchester City sebenarnya memiliki keuntungan karena mereka dapat mengakhiri minat mereka pada Cancelo dan menandatangani Alves dengan status bebas transfer. Dengan begitu Juventus terpaksa melanjutkan kebersamaannya dengan bek Portugal itu.

Diminati Arsenal

Bek Paris Saint-Germain (PSG), Dani Alves, merayakan gol ke gawang FC Nantes pada laga semifinal Piala Prancis 2019 di Stadion Parc des Princes, Rabu (3/4). PSG menang 3-0 atas FC Nantes. (AFP/Anne-Christine Poujoulat)

Sebelumnya, manajer Arsenal, Unai Emery. meminta manajemen klub mendatangkan Alves pada bursa transfer musim panas ini. Emery ingin The Gunners segera memberikan penawaran untuk bek sayap asal Brasil itu.

Alves yang pernah merasakan gelar di tiga liga berbeda menjadi rebutan beberapa klub elite Eropa. Alves pernah merengkuh gelar ketika bermain di La Liga bersama Barcelona, setelah itu ia pindah ke Seria A untuk bergabung dengan Juventus, dan yang terakhir melanjutkan kariernya di Ligue 1 untuk menerima pinangan PSG.

Liburan di Bali

Momen Kebersamaan Dani Alves Pemain Timnas Brazil dan Istri Liburan di Bali (sumber:Instagram/danialves)

Alves memanfaatkan jeda kompetisi dengan menikmati waktu libur ke Bali. Sosok yang baru saja membawa Timnas Brasil menjuarai Copa America itu mengunjungi Pulau Dewata bersama sang istri, Joana Sanz.

Dalam unggahan insta story di akun Instagram Joana @joanasanz, Alves telah tiba di Bali sejak Sabtu (13/7/2019) lalu. Keduanya pun menikmati keindahan pantai di Bali dengan cara berjemur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Faktor Ini Disebut Memudahkan Doa Terkabul di Mekah

Posted: 26 Jul 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabah merupakan patokan kiblat umat Islam di seluruh dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Dirly Idol dengan Keluarga Kecilnya

Posted: 26 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Dirly Dave Sompie atau yang lebih akrab dengan nama Dirly Idol ini memang sudah jarang terlihat di layar kaca sebagai penyanyi. Sebelumnya, Dirly mulai dikenal namanya sejak mengikuti ajang pencarian bakat pada tahun 2006 dan berhasil meraih juara kedua.

Tak hanya terfokus pada dunia tarik suara saja, ia juga merambah dunia akting dan bermain di beberapa judul sinetron. Bahkan ia pun pernah menjajal dunia layar lebar dengan menjadi cameo pada film The Shaman di tahun 2008 silam.

Pria kelahiran Manado, 10 Desember 1989 ini kerap kali dikabarkan menjalin hubungan dengan beberapa wanita, mulai dari Agnez Mo hingga Celine Evangelista. Namun pada tahun 2017 lalu, ia telah menikah dengan seorang pramugari bernama Nola Tyaz Handoyo. Dirly menikahi Nola pada 19 Novermber 2017 silam dan telah dikaruniai seorang anak bernama Imanuel Elliot Sompie.

Telah memiliki seorang istri dan juga putra, membuat Dirly cukup sering mengunggah momen bersama di akun media sosial pribadinya. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @dirlydave, berikut ini beberapa potret kebersamaan Dirly Idol dengan anak dan juga istrinya, Sabtu (27/7/2019).

1. Dirly dan keluarga kecilnya beberapa waktu lalu tengah menikmati liburan di Tulungagung.

Dirly (Sumber: Instagram/dirlydave)

2. Ketiga tampak asyik menikmati waktu liburan.

Dirly (Sumber: Instagram/dirlydave)

3. Dirly beberapa kali mengunggah foto berlibur bersama keluarga di akun Instagram pribadinya.

Dirly (Sumber: Instagram/dirlydave)

4. Pelantun lagu Tak Ingin Dilupakan ini cukup sering mengunggah foto bersama istri tercinta.

Dirly (Sumber: Instagram/dirlydave)

5. Begini gaya Dirly saat menggendong sang buah hatinya.

Dirly (Sumber: Instagram/dirlydave)

6. Putra Dirly juga terlihat sadar kamera ya.

Dirly (Sumber: Instagram/dirlydave)

7. Dirly dan sang istri menikmati waktu berdua.

Dirly (Sumber: Instagram/dirlydave)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membongkar Kasus Dugaan Korupsi Biaya Operasional dan Pokok Pikir DPRD Garut

Posted: 26 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Penyelidikan kasus dugaan korupsi Biaya Operasional (BOP) dan Pokok Pikiran (Pokir) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut, Jawa Barat tahun anggaran 2017/2018 memasuki babak baru.

Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut mulai melakukan pemeriksaan terhadap para anggota dewan untuk mengusut kasus korupsi tersebut.

"Ya betul, hari ini sudah kami periksa satu orang anggota dewan. Terkait masalah Pokir dan BOP," ujar Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Garut, Dodi Witjaksono, Kamis (25/7/2019) lalu.

Menurutnya pemeriksaan awal anggota dewan ini, merupakan rangkaian dari penyelidikan pihak kejaksaan dalam membongkar kasus tersebut.

Rencananya seluruh anggota dewan periode 2014-2019 akan menjalani proses serupa, untuk mengungkap benang merah kasus itu.

"Kami bertahap, ambil dari bawah dulu, nanti terakhir baru pimpinannya, pokoknya semua akan dipanggil," kata dia.

Hingga kini baru Yusep Mulyana, satu anggota dewan dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang sudah diperiksa. Namun belum diketahui apa hasil pemeriksaan tersebut, begitu pun materi apa saja yang ditanyakan.

Dukung Kejaksaan

Kantor Kejaksaan Negeri Garut, Jalan Merdeka, Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Anggota Komisi D DPRD Garut Yusep Mulyana membenarkan adanya pemeriksaan itu.

"Soal BOP dan Pokir," ujar dia.

Dalam pemeriksaan, dirinya mengaku menjelaskan secara rinci hal apa saja yang diketahui mengenai penggunaan pokir yang digunakan oleh seluruh anggota dewan tersebut.

"Yang BOP tidak tahu sebab itu hanya pimpinan DPRD saja, kalau anggota seperti saya tidak tahu," papar dia.

Ia menjelaskan lebih jauh dalam pelaksanaannya, badan anggaran (Banggar) yang mengetahui hal itu secara rinci.

"Kan sudah diatur oleh PP untuk Pokir itu, selama ini saya menjalankan mekanismenya sebagaimana prosedur," paparnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegadaian Setor Rp 2,8 Triliun ke Negara sepanjang 2018

Posted: 26 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mampu memberikan kontribusi pemasukan raksasa kepada negara. Pada tahun lalu, perusahaan ini telah menyetor Rp 2,8 triliun ke negara.

"Akhir tahun 2018 Pegadaian sudah memberikan kontribusi kepada negara cukup besar, dan menjadi penyumbang pendapatan terbesar ke-7 di antara BUMN besar lainnya," ungkap Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/7/2019).

Kuswiyoto memaparkan, pada 2018 kontribusi Pegadaian kepada negara mencapai Rp 2,8 triliun, yang terbagi menjadi dividen sebesar Rp 1,38 triliun dan pajak senilai Rp 1,441 triliun.

Tercatat, hingga Juni 2019, perkembangan kinerja perseroan terus meningkat dengan meraih pertumbuhan laba bersih sebesar Rp 1,5 triliun, atau melonjak 12,1 persen.

"Kami optimistis target Rp 3 triliun tahun ini bisa tercapai hingga akhir tahun," sambung Kuswiyoto.

Sedangkan total aset Pegadaian hingga Juni 2019 adalah sebesar Rp 56,1 triliun, atau lebih besar dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara untuk Outstanding Loan (OSL) sudah mencapai Rp 43,6 triliun hingga Juni 2019.

 

Target 2019

Warga saat bertransaksi di pegadaian di Jakarta, Kamis (15/6). Meningkatnya kebutuhan masyarakat jelang Lebaran membuat banyak orang menggadaikan barang berharga guna memenuhi kebutuhan yang mendesak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut, Kuswiyoto mengutarakan, Pegadaian menargetkan kinerja di akhir 2019 akan tumbuh semakin positif. Jumlah OSL di akhir 2019 diproyeksikan mencapai Rp 46,5 juta.

Sedangkan untuk total aset ditargetkan menyentuh Rp 63 triliun, dan laba bersih Rp 3 triliun.

Sementara bisnis Pegadaian juga disebutnya sukses dikelola secara sehat dan terukur. Ini terlihat dari ROA yang didapat perusahaan pada 2018 sebesar 5,26 persen, ROE sebesar 13,80 persen, dan BOPO sebesar 68,30 persen.

"Tidak hanya itu, Pegadaian juga merupakan perusahaan yang efesien dalam operasi bisnis, karena terlihat dari data BOPO di tahun 2018 yang mencapai 68 persen," sambungnya.

 

GCG

PT Pegadaian (Persero).

Dia menambahkan, untuk asesmen Good Corporate Governance (GCG) Pegadaian sudah mencapai 98,21 persen. "Nilai ini sudah hampir sempurna. Dan penilaian GCG ini dihitung oleh pihak independen, sebagaimana halnya rating Triple A dinilai oleh Pefindo," jelas Kuswiyoto.

Untuk pencapaian lainnya, ia meneruskan, Pegadaian juga berhasil melampui target jumah nasabah tahun ini, yakni dengan mengumpukan 12,1 juta nasabah pada Juni 2019.

"Bahkan untuk target nasabah tahun ini sebesar 12 juta, sudah berhasil kami lampui pada pertengahan tahun ini mencapai 12,1 juta nasabah. Lonjakan nasabah ini didorong oleh adanya Pegadaian Digital Service dan kerjasama salah satu unicorn Tokopedia," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kicauan Warganet Soal Tangkuban Parahu Erupsi Terpopuler

Posted: 26 Jul 2019 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak warganet yang memberikan informasi mengenai erupsinya Gunung Tangkuban Parahu yang terjadi kemarin, Jumat (26/7/2019).

Berita ini pun menjadi yang terpoluper di kanal Tekno Liputan6.com. Berita lain yang tak kalah populer datang dari SpaceX yang kirim persediaan NASA ke International Space Station seberat 2,5 ton.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Tangkuban Parahu Erupsi, Warganet Serukan Jaga Keselamatan

Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pada pukul 15.48 WIB, Jumat (26/7/2019). Lontaran abu mencapai ketinggian sekitar 200 meter.

Sementara kolom abu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur laut dan selatan.

Terkait hal ini Badan Nasional Penagggulangan Bencana (BNPB) mengimbau para wisatawan untuk tidak mendekat kawasan erupsi.

Baca selengkapnya di sini

2. Tangkuban Parahu Erupsi Jadi Trending Topic

Gunung Tangkuban Parahu dilaporkan baru saja mengalami erupsi pada Jumat, 26 Juli 2019. Dari laporan, tinggi kolom abu teramati sekitar 200 meter di atas puncak atau sekitar 2.284 m di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan," tutur Kepala Pusat Vulkanologi Meterologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi, Kasbani saat dikonfirmasi.

Menyusul peristiwa tersebut, sejumlah warganet pun meresponnya. Hal itu dapat dilihat dari topik mengenai Tangkuban Parahu dan erupsi menjadi Trending Topic di Twitter Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

 

3. SpaceX Kirim 2,5 Ton Persediaan NASA ke International Space Station

International Space Station (sumber : engadget.com)

SpaceX sukses meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa persediaan NASA ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Station/ ISS).

Kesuksesan ini menambah daftar prestasi Cargo Dragon, kapsul luar angkasa yang ditempatkan di atas roket Falcon 9. Kapsul kargo tersebut diberi nama CRS-18.

Mengutip laman CNBC, Jumat (26/7/2019), kapsul kargo CRS-18 ini membawa muatan dengan bobot 2,5 ton.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Valentino Rossi Tidak Akan Malu untuk Pensiun

Posted: 26 Jul 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Bologna - Meski dipastikan tetap balapan pada 2020, Valentino Rossi jadi topik panas di paddock MotoGP belakangan ini. Masa pensiunnya terus diperbincangkan, mengingat belakangan ini ia mengalami keterpurukan, yakni gagal finis di Mugello, Catalunya, dan Assen.

Baru-baru ini, Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis bahkan gamblang menyatakan Valentino Rossi bukan lagi proyek masa depan pabrikan Garpu Tala, walau tak menutup kemungkinan akan mempertahankan The Doctor bila masih kompetitif.

Juara dunia GP125 2001 dan GP250 2003, Manuel Poggiali pun yakin bahwa pernyataan Jarvis telah disalahartikan oleh banyak pihak. Lewat wawancaranya dengan Radio Sportiva, Poggiali pun ikut menjelaskan pernyataan Jarvis.

"Pernyataan-pernyataan yang ada terlalu sering dieksploitasi. Konsep yang dinyatakan Jarvis adalah, Valentino Rossi adalah pembalap Yamaha, dan mereka akan terus memberinya situasi terbaik selama ia masih terkontrak dengan mereka," ujarnya.

Poggiali, yang kini menjabat sebagai pelatih balap Tim Gresini Racing, menyatakan bahwa memikirkan masa depan bukanlah langkah yang salah bagi Yamaha. Apalagi kini mereka tengah memiliki debutan muda bertalenta, Fabio Quartararo.

"Usia Valentino Rossi terus bertambah, dan Yamaha harus memikirkan masa depan. Mereka punya rider yang terbukti kompetitif seperti Fabio, dan memang benar Yamaha harus memberi situasi terbaik agar Fabio mau bertahan dengan mereka di masa depan," tuturnya.

Faktor Kecil

Aksi pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, di Sirkuit Le Mans, MotoGP Prancis, Sabtu (18/5/2019). (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)

Poggiali yakin Rossi masih punya level performa yang tinggi, namun memperkirakan ada beberapa faktor kecil yang bikin ia kesulitan. Di lain sisi, pria San Marino ini menyebut Rossi takkan merasa malu jika dirinya mulai sadar masa pensiun sudah tiba.

"Saya yakin jika menyadari tak bisa lagi kompetitif, ia takkan malu berkata 'cukup'. Jika ia masih melanjutkan karier, maka itu karena ia yakin masih kompetitif. Sekarang ini, masalah semua orang di MotoGP bernama 'Marc Marquez'. Dialah yang terkuat," tuturnya.

Tatap MotoGP Ceko

Saat ini, Rossi berada di peringkat keenam pada klasemen pebalap dengan koleksi 80 poin, tertinggal 105 poin dari Marquez yang ada di puncak. Mereka akan kembali turun lintasan dalam pekan balap MotoGP Ceko di Brno pada 2-4 Agustus mendatang.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: