Selasa, 16 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Video Highlight Persib Bandung vs Kalteng Putra: Dua Gol Cantik Febri Hariyadi

Posted: 16 Jul 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung tampil gemilang saat menjamu Kalteng Putra di lanjutan Shopee Liga 1 2019, di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (16/7). Di laga yang disiarkan Indosiar ini, mereka menang 2-0.

Dua gol Persib Bandung dicetak bintang muda mereka, Febri Hariyadi. Gol pertama dicetak Febri ke gawang Dimas Galih pada menit ke-67 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti.

Sedangkan gol kedua dilesakkannya di menit ke-80. Mantan pemain Timnas Indonesia U-23 ini memanfaatkan kelengahan bek Kalteng Putra, dan menyundul bola hasil tendangan bebas Bojan Malisic.

Hasil 1-0 ini merupakan kemenangan kedua Persib pada Shopee Liga 1 2019. Sebelumnya, mereka terakhir kali menang pada pekan pertama melawan Persipura Jayapura.

Pada pekan berikutnya, Persib meraih hasil imbang versus Semen Padang (tandang), 1-1 Tira Persikabo (kandang), 1-1 versus Madura United (kandang), kalah 1-2 dari Bhayangkara FC (kandang), kalah 0-4 dari Persebaya Surabaya (tandang), dan imbang 1-1 kontra Persija Jakarta (tandang).

Berkat kemenangan atas Kalteng Putra, Persib bertahan di papan tengah atau posisi ke-11 setelah mengumpulkan 10 poin.

Simak Video Highlight Persib Bandung vs Kalteng Putra berikut ini:

Video Highlight Persib Bandung vs Kalteng Putra

Simak aksi gemilang Febri Hariyadi saat mencetak gol ke gawang Kalteng Putra.

 

Klasemen Shopee Liga 1

Untuk melihat klasemen Shopee Liga 1 2019 silakan klik di sini...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AMMDes Incar Pasar Timor Leste dan Papua Nugini

Posted: 16 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau yang juga dikenal dengan mobil pedesaan tidak hanya akan dijual di dalam negeri. Kendaraan ini rencananya juga akan dipasarkan ke negara lain, seperti Timor Leste dan Papua Nugini.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika mengatakan, sejak diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Agustus 2018, pengembangan AMMDes mengalami kemajuan yang signifikan dan telah memasuki tahap produksi massal. AMMDes juga terbukti mampu memenuhi berbagai kebutuhan aktivitas peningkatan ekonomi masyarakat di pedesaan.

 

"Selain dampak positif di bidang ekonomi, program AMMDes juga membuka peluang bagi pelakuindustri dalam negeri untuk menguasai kemampuan bidang penelitian dan pengembangan sertarancang bangun, sekaligus memberikan efek berganda pada industri komponen," ujar dia di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Dia menjelaskan, hingga saat ini, tingkat kandungan komponen lokal AMMDes telah mencapai 75 persen dan melibatkan 70 industri komponen yang sebagian besar merupakan sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM).

"Dengan kapasitas produksi 3.000 per tahun dan akan terus bertambah sesuai dengan permintaanpasar, AMMDes juga didorong untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor Timor Leste dan Papua Nugini serta untuk memenuhi kebutuhan sekitar 10 ribu unit di 49 negara Afrika," tuturnya.

Putu menambahkan, sampai saat ini, Kemenperin telah berhasil mengembangkan beberapa bisnismodel AMMDes bagi kegiatan usaha masyarakat, antara lain AMMDes untuk produksi air bersih dan air minum bagi penanganan bencana di Sulawesi Tengah, AMMDes untuk pengangkutan pisang di Lampung, serta AMMDes untuk kebutuhan penyosohan beras di Jawa Tengah.

"Jadi, berbagai aplikasi AMMDes yang sudah dikembangkan, di antaranya untuk penjernih dan airminum, ambulance feeder, penyosoh beras, pompa irigasi, generator listrik, pembuat ice flake,pengolah kopi dan pascapanen pisang," sebutnya.

 

 

 

Alat Mobilitas yang Multifungsi

Tampang depan KMW setelah dirombak dan mejeng di acara IMX 2018. (Herdi Muhardi)

Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto menyampaikan, AMMDes mempunyai model dasar yang dilengkapi dengan flat deck dan fitur power take off (PTO).

"Mesin diesel yang digunakan pada model ini telah mengalami penyesuaian untuk mendapatkan performa yang lebih baik di medan off road dan berbukit," jelasnya.

Model ini juga mengaplikasikan sistem penggerak tunggal yang dirancang dengan kecepatan maksimal 30 km per jam dan kapasitas silinder sebesar 650 cc atau setara dengan 14 HP.

Reiza mengemukakan, pihaknya bertekad untuk terus mendorong pengembangan teknologi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) agar dapat bermanfaat secara inklusif dan berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

"AMMDes itu sebagai alat mobilitas yang multifungsi. Jadi, satu alat, beragam manfaat," tandasnya.

 

AMMDes Ambulance Feeder Mulai Beroperasi di Kabupaten Lebak

AMMDes Ambulance Feeder (Septian/Liputan6.com)

Kementerian Perindustrian meluncurkan program Pilot Project Peningkatan Pelayanan Transportasi Rujukan Kesehatan melalui pemanfaatan AMMDes di Kabupaten Lebak, Banten. Dalam program ini, dua unit AMMDess disulap menjadi ambulance feeder dengan nama "Jamilah" yang memiliki arti Jemput Antar Ibu Hamil Bermasalah.

"Pemanfaatan AMMDes ambulance feeder ini untuk membantu masyarakat dalam mengurangi angka kematian ibu dan bayi yang cukup tinggi di Kabupaten Lebak akibat kondisi jalan-jalan desa yang minim infrastruktur dan topografi yang sulit dan berbukit yang tidak dapat dijangkau oleh ambulans konvensional," terang Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika di Kantor Bupati Lebak, Banten, Selasa (16/7/2019).

Dalam mewujudkan program ini, Kemenperin menggandeng Kemenperin menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lebak, USAID Jalin, PT. Samudera Marine Indonesia, PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia dan PT. Kreasi Mandiri Wintor Distributor.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyampaikan, angka kematian ibu hamil di Lebak menempati peringkat keempat di Provinsi Banten. Sementara angka kematian bayi, menempati peringkat kedua di Provinsi dengan luas 9.662,92 km2 tersebut. Dengan adanya Jamilah, diharapkan dapat membantu dalam penanganan kesehatan ibu hamil.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dimana Kabupaten Lebak menjadi pilot project terkait dengan ambulance feeder dari AMMDes. Kami harapkan adanya alat bantu ini untuk memudahkan atau meminimalisir kematian ibu dan anak yang tentunya menjadi persoalan bagi kita semua," ujar Iti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 2019: Semen Padang vs Bhayangkara FC di Vidio

Posted: 16 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Semen Padang akan menjamu Bhayangkara FC pada lanjutan Shopee Liga 1 2019 pada hari Rabu (17/7/2019). Kemenangan menjadi harga mati bagi tuan rumah demi keluar dari dasar klasemen.

Hingga pertengaha Juli ini, Semen Padang menjadi satu-satunya tim yang belum pernah meraih kemenangan di Liga 1 2019. Dari tujuh laga, Semen Padang baru mendapatkan tiga poin. 

Usaha Semen Padang bangkit saat menjamu Bhayangkara FC bukan perkara mudah. Tim tamu merupakan salah satu tim papan atas. Bhayangkara bertengger di posisi enam dengan koleksi 12 poin.

Bhayangkara FC juga punya catatan cukup bagus di laga away. Mereka pernah mempermalukan Persib Bandung 2-1.

Laga Semen Padang melawan Bhayangkara FC akan digelar pukul 15.30 WIB dan bisa ditonton melalui live streaming di Vidio.

 

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan live streaming Semen Padang melawan Bhayangkara FC di Vidio, silakan klik disini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Wakil Ketua DPRD Surabaya Dibawa ke Tahanan

Posted: 16 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPRD Surabaya Darmawan dibawa ke tahanan oleh Kejaksaan Negeri Tanjung Perak. Ia diduga terlibat dalam kasus korupsi dana Jasmas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov: Jabatan Sekda DKI Saefullah Akan Diperpanjang

Posted: 16 Jul 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Chaidir mengatakn, masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah akan diperpanjang. Surat perpanjangan sudah diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Bukan pensiun. Masa jabatan Pak Sekda itu sudah lima tahun, namun diperpanjang kembali," ujar Chaidir saat dihubungi, Rabu (17/7/2019).

Perpanjangan itu dilakukan atas rekomendasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Chaidir menjelaskan, Anies menilai bahwa kinerja Saefullah memuaskan sehingga masa jabatan akhirnya diperpanjang.

Saefullah nantinya paling lama akan mengemban tugas selama lima tahun lagi. Namun, masa jabatan bisa dihentikan sewaktu-waktu oleh Gubernur DKI.

"Tergantung Pak Gubernur nanti (sampai kapan). Nggak ngunci dia lima tahun," ucapnya. 

Chaidir menambahkan, perpanjangan masa jabatan Saefullah tidak melanggar aturan. Sebab, perpanjangan jabatan ini sudah disetujui oleh pihak-pihak terkait.

"Pertama sesuai dengan UU ASN, nomor 5 tahun 2014 pasal 117, bahwa aparatur sipil negara ditegaskan jabatan tingginya hanya bisa diduduki paling lama lima tahun," jelasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Presiden Peru Alejandro Toledo Ditangkap di AS Atas Kasus Korupsi

Posted: 16 Jul 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, San Mateo - Mantan Presiden Peru Alejandro Toledo, yang menghadapi dakwaan korupsi di negara asalnya, ditangkap di Amerika Serikat (AS) pada Selasa 16 Juli.

Dia ditangkap atas permintaan ekstradisi, kata otoritas AS dan Peru, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Rabu (17/7/2019).

US Marshals Service --badan penegak hukum federal AS-- segera membawa Toledo ke hadapan Hakim Thomas S Hixson di California Utara, kata kementerian kehakiman setempat.

Toledo diperintahan ditahan sembari menunggu sidang perdana pada hari Jumat, kata juru bicara kementerian terkait, Nicole Navax.

Kehadian Toledo di pengadilan merupakan bagian dari proses yang bertujuan mengamankan kepulangannya ke Peru, sambung kantor jaksa agung di Peru via Twitter.

Skandal Korupsi Terbesar di Amerika Latin

Ilustrasi bendera Peru (AFP Photo)

Toledo telah menjadi buronan di negara asalnya karena dituduh menerima suap senilai US$ 20 juta (sekitar Rp 279 miliar) dari Odebrecht, sebuah perusahaan konstruksi Brasil di pusat skandal korupsi terbesar di Amerika Latin.

Odebrecht telah mengakui membayar US$ 800 juta (sekitar Rp 11,1 triliun) kepada para pejabat di berbagai negara Amerika Latin, dengan imbalan kontrak pekerjaan umum yang menguntungkan.

Heriberto Benitez, pengacara Toledo di Lima, mengatakan kepada stasiun radio lokal RPP bahwa mereka akan berusaha menunjukkan sang mantan presiden menghadapi penganiayaan politik di Peru.

Toledo, yang membantah melakukan kesalahan, adalah presiden Peru pada periode 2001 hingga 2006, an telah tinggal di California dalam beberapa tahun terakhir.

Dia juag diketahui pernah menjadi sarjana tamu di Stanford University pada 2017, meskipun pihak institusi pendidikan terkait mengatakan itu adalah posisi yang tidak dibayar.

 

Turut Mencemari Karier Mantan Presiden Peru lainnya

Ilustrasi Korupsi (iStockphoto)

Pada bulan Maret, Kantor Sheriff Kota San Mateo mengatakan Toledo ditangkap karena dicurigai mabuk di depan umum, dan sempat ditahan sebentar.

Skandal Odebrecht juga telah mencemari karier mantan presiden lainnya di Peru yang sedang diselidiki.

Pada bulan April, mantan pemimpin Alan Garcia melukai dirinya dengan tembakan di kepala, saat petugas menunggu untuk menangkapnya dalam penyelidikan korupsi terkait skandal itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sakit, Barbie Kumalasari Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Posted: 16 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Barbie Kumalasari memenuhi panggilan Krimsus Polda Metro Jaya, Rabu (17/7/2019). Ia dipanggil untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus Ikan Asin yang membelit suaminya, Galih Ginanjar.

Barbie Kumalasari tiba di Polda Metro Jaya pukul 11.05 WIB. Ia datang mengenakan busana merah dan menutup wajahnya dengan selendang berwarna hitam.

Sembari berjalan terburu-buru memasuki Krimsus Polda Metro Jaya, Barbie Kumalasari mengatakan kepada wartawan bahwa kesehatannya belum sepenuhnya membaik.

"Masih enggak enak badan. Doain aja aku lagi pemeriksaan," ucap istri Galih Ginanjar tersebut di Polda Metro Jaya, Rabu (17/7/2019).

 

Sempat Ditunda

Barbie Kumalasari (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

Seharusnya Barbie Kumalasari menjalani pemeriksaan pada Senin (15/7/2019). Namun karena jatuh sakit, pemeriksaan pun ditunda hingga dua hari.

Ini merupakan pemeriksan kedua bagi Barbie Kumalasari sebagai saksi terlapor. Pekan lalu ia sempat mengikuti pemeriksaan selama lebih dari delapan jam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiang Tol BORR Roboh, Kontraktor Rugi Rp 1 Miliar

Posted: 16 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Kepala tiang tol Bogor Outer Ring Road (BORR) ambruk akibat kesalahan ukuran scaffolding yang terpasang untuk menyangga cetakan. Ambruknya kepala tiang elevated ini diperkirakan menelan kerugian hingga Rp 1 miliar.

"Kerugian secara materil Rp 1 miliar," kata Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmojo, Selasa (16/7/2019).

Nilai Rp 1 miliar tersebut, lanjut Hendro, belum termasuk biaya lain yang harus ditanggung pihak kontraktor diantaranya dampak sosial dan lalu lintas.

"Dampak sosial salah satunya memberi kompensasi kepada rumah makan. Dampak kejadian itu tidak bisa jualan. Semua kerugian yang ganti kontraktor ya," ujar Hendro.

Saat ini, pihak kontraktor tengah menghancurkan kepala tiang yang beberapa bagiannya telah roboh beberapa waktu lalu dan menggantinya dengan konstruksi baru.

"Pembongkaran sampai terbangun lagi tiang ditargetkan selesai Jumat depan," ucap Hendro.

Setelah selesai, pengerjaan fisik infrastruktur elevated Tol BORR seksi 3A sepanjang 2,85 kilometer akan kembali dilanjutkan dan menormalkan lalu lintas di ruas Jalan Bogor-Parung, yang saat ini masih diberlakukan buka tutup jalur.

"Rekomendasi dari KKTJ sudah bisa dimulai Rabu, tapi kita minta semua hari Jumat saja karena kita fokus perbaiki konstruksi di titik yang roboh itu. Kalau lalu lintas dinormalkan sementara perbaikan masih berjalan takut terjadi apa-apa dengan pengendara," kata dia.

Beri Saksi

Hendro Atmojo telah memberikan sanksi kepada PT PP, selaku kontraktor proyek elevated tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi 3A. Sanksi yang diberikan salah satunya mencopot pihak yang bertanggung jawab di lapangan.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta perusahaan jasa konstruksi tersebut mengganti para kerja proyek yang dinilai belum memiliki pengalaman cukup dibidang konstruksi jalan, jembatan dan terowongan.

"Saya minta yang lebih pengalaman, lebih cakap, sudah berpengalaman mengerjakan jembatan dan terowongan," ujar Hendro.

Dari hasil investigasi Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKTJ) insiden ambruknya bekisting pier head di Pier 10 Jalan Soleh Iskandar, Kota Bogor terjadi disebabkan kelalaian manusia.

Kesalahan yang dilakukan pihak kepala proyek dan konsultan yaitu kurangnya pengawasan dan pengerjaan fisik infrastruktur elevated tidak menggunakan peralatan yang tidak memenuhi syarat.

Sementara itu, pengerjaan fisik infrastruktur elevated Tol BORR masih dihentikan pasca-ambruknya bekisting pier head di Pier 10 pada Rabu 10 Juli 2019 pagi.

Direncanakan, proyek tersebut akan dilanjutkan pada Jumat 19 Juli 2019 mendatang. Saat ini pihak kontraktor masih fokus membongkar pier head yang roboh.

"Rekomendasi dari KKTJ sudah bisa dimulai besok, tapi kita minta semua hari Jumat saja karena kita fokus dulu bongkar pier head dan dibangun kembali sampai selesai," kata Hendro.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surya Paloh: Tak Selamanya Lawan Menjadi Lawan

Posted: 16 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan, dalam politik itu tak selamanya kawan menjadi kawan. Begitu pula lawan, tak selamanya lawan.

Hal ini disampaikannya saat memberikan pembekalan kepada para calon legislatif Nasdem yang terpilih, di Akademi Bela Negara Nasdem.

Dia awalnya menceritakan, bagaimana saat hendak maju sebagai caleg untuk DPR RI pada tahun 1977. Menpora saat itu Abdul Gafur kemudian memintanya untuk tidak maju menjadi Caleg DPR, tetapi menempatkan dirinya di kursi MPR RI.

Surya Paloh mengaku sempat merasa tidak terima, namun tetap menjalankan permintaan tersebut. Sampai ketika, dia menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Golkar dan Abdul Gafur berniat maju sebagai calon gubernur.

Surya Paloh kemudian memberikan rekomendasi dan menolongnya untuk bisa duduk di kursi tersebut.

"Ini referensi bagi saudara semuanya. Apa pesan moralnya? Tidak selamanya yang kawan tetap menjadi kawan. Dan yang kita anggap menjadi lawan, tetap menjadi lawan," kata Surrya Paloh di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Dia menuturkan, untuk menyikapi dinamika politik seperti itu, maka dibutuhkan kearifan di setiap diri.

"Di sini dibutuhkan kearifan kepada saudara-saudara semuanya," kata Surya Paloh.

 

Kongres Nasdem

Prananda Paloh saat menghadiri kampanye Partai Nasdem (Merdeka.com)

Sementara itu, Partai Nasdem juga akan melaksanakan kongres. Sebagai catatan, Nasdem terakhir melaksanakan kongres di tahun 2013. Seharusnya partai pimpinan Surya Paloh itu sudah melaksanakan kongres lagi.

"Betul (akan melaksanakan kongres)," ucap Ketua DPP NasDem Taufik Basari kepada Liputan6.com, Rabu (3/7/2019).

Sementara itu, kader NasDem lainnya, Irma Suryani mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan hajatan besar tersebut.

"Kami sedang persiapan. Rapat awal Senin kemarin, baru bentuk panitia kerja," ungkap Irma.

Meski akan melakukan kongres, dia menuturkan, belum mengetahui kapan waktunya diselenggarakan. "Belum diputuskan. Sedang dicari tanggal dan tempatnya," jelas Irma.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Selebgram Bianca Devins, Dibunuh dan Foto Mayatnya Diunggah Pelaku

Posted: 16 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang remaja asal Utika, New York, Amerika Serikat bernama Bianca Devins harus mengalami nasib yang cukup tragis. Selebgram berusia 17 tahun tersebut meninggal dunia ditangan seorang pria yang diduga kekasihnya pada Minggu (14/7/2019) lalu.

Seorang pria bernama Brandon Clark (21) yang mengaku sebagai kekasih dari Bianca Devins ini harus bertanggung jawab atas kematian dari wanita cantik tersebut. Bianca Devins ditemukan telah meninggal dunia setelah fotonya tersebar di media sosial.

Clark diduga telah membunuh dan juga memutilasi mayat Bianca Devins. Bukan hanya itu saja, ia juga mengunggah foto mayat dari Bianca Devins tersebut ke situs 4chan.

Saat mengunggah foto tersebut Clark juga menuliskan permohonan maaf singkat 'Maafkan aku Bianca'. Dilansir Liputan6.com dari Theinnersane, Rabu (17/7/2019) foto yang diunggah di Internet tersebut menjadi viral. Karena hal ini pula pihak kepolisian berhasil menemukan tubuh Bianca Devins yang tergeletak di pinggir jalan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait dengan kasus kematian Bianca Devins, Rabu (17/7/2019).

1. Seorang selebgram

Bianca Devins  merupakan seorang selebgram. Pada akun Instagram dengan nama @escty saat ini telah memiliki pengikut sebanyak lebih dari 130 ribu. Sebelum kematiannya, akun Instagram tersebut hanya memiliki sekitar 6 ribu pengikut. Selain itu, ia juga cukup aktif di sebuah situs 4Chan dengan nama akun Oxychan.

Bianca Devins cukup dikenal sebagai seorang e-girl atau remaja yang aktif di media sosial, Instagram, TikTok dan Tumblr. Ia cukup sering mengunggah foto ataupun video mengenai anime dan juga video games. Bianca Devins juga sering mengkombinasikan unggahannya dengan tema aestetik emo.

View this post on Instagram

junko pose part 2

A post shared by bianca ⚖️ (@escty) on

2. Baru selesaikan pendidikan di SMA

Remaja berumur 17 tahun ini juga baru saja menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA. Bahkan pada musim gugur mendatang, ia akan mulai memasuki masa studi kuliah di Mohawk Valley Community College di Utica, New York. Bianca mengambil program pendidikan jurusan Psikologi saat kuliah nanti. Bukan hanya aktif sebagai seorang selebgram, akan tetapi Bianca juga cukup pandai dalam bidang seni.

3. Baru bertemu kekasih 2 bulan

Hubungan antara Bianca Devins dengan Brandon Clark rupanya belum lama terjalin. Pasalnya, Bianca Devins baru bertemu sang kekasih dua bulan lalu. Sebelumnya keduanya hanya saling mengenal via media sosial saja. Pihak polisi yang tengah menyelidiki kasus kematian Bianca mengatakan jika keduanya merupakan sepasang kekasih. Akan tetapi teman dekat Bianca dan Brandon justru hanya mengetahui jika keduanya sebatas teman.

4. Pelaku sempat unggah Instastory

Unggahan terakhir Brandon Clark (Sumber: Thesun)

Sebelum diamankan pihak kepolisian, Clark sempat mengunggah sebuah Instastory di akun pribadinya. Dalam unggahan tersebut hanya terlihat jalanan dengan beberapa mobil. Ia juga menambahkan sebuah keterangan di Instagram stories tersebut.

"Ini dia neraka. Ini penebusan, kan?" tulisnya.

Pihak kepolisian pun berhasil menemukan Clark di pinggir jalan. Saat diamankan, pihak polisi juga mengamankan sebuah pisau yang akan digunakan untuk percobaan bunuh diri. Setelah berhasil diamankan, akun Instagram milik Brandon Clark telah dihapus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Repsol Honda Tepis Kabar Bakal Depak Jorge Lorenzo

Posted: 16 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, tak memungkiri bahwa pebalapnya, Jorge Lorenzo, kesulitan beradaptasi dengan motor RC213V di MotoGP musim ini. Meski begitu, Puig membantah bahwa pihaknya akan mendepak rider 32 tahun tersebut akhir tahun nanti. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan El Confidencial.

Sejak bergabung dengan Honda, hasil terbaik Jorge Lorenzo hanyalah finis ke-11 di Le Mans, Prancis. Meski begitu, kegigihan Por Fuera untuk bangkit sama sekali tak bisa diragukan. Usai balapan di Mugello, Italia, ia bahkan rela menemui para teknisi dan insinyur Honda di markas mereka yang ada di Jepang.

Lorenzo pun mulai nyaman di atas RCV dalam pekan balap di Catalunya, Spanyol. Sempat duduk di posisi 4, sayangnya ban depannya selip pada Lap 2, serta membawa tiga rider lain jatuh dan gagal finis bersamanya. Tren positif ini juga gagal ia tunjukkan di Assen, Belanda, usai terjatuh pada sesi latihan pertama.

"Jorge memang sulit beradaptasi, ditambah kesialan yang ia dapat akibat kecelakaan yang menyebabkan cedera, seperti di Qatar, uji coba Montmelo, dan Assen. Tahun ini sangat sulit baginya, itu sudah jelas, tapi kami akan menunggunya sampai ia sembuh dan kembali di Brno dengan harapan baru," ungkap Puig.

Puig pun menegaskan bahwa pihaknya masih menaruh rasa percaya yang tinggi pada sang lima kali juara dunia, terbukti dari kemampuannya bangkit usai terpuruk selama 1,5 tahun pertama di Ducati tahun lalu. Honda akan bersabar menanti Lorenzo sampai ia benar-benar mampu menjinakkan RCV.

"Kita tahu proses adaptasi bisa rumit, dan proses ini sangat berat bagi Jorge Lorenzo. Tapi kami masih percaya pada potensinya, dan kita tahu ia seorang juara," paparnya.

 

Kondisi Fisik

Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig. (Istimewa)

"Yang harus ia lakukan adalah memperbaiki kondisi fisik, lalu meneruskan adaptasi sampai ia nyaman. Bakal sukses atau tidak, itu tergantung dirinya sendiri," ujar Puig.

Dalam wawancara ini, Puig juga membantah bahwa pihaknya akan mendepak Lorenzo pada akhir musim, usai mereka digosipkan tengah mendekati Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami, dan bahkan Alex Marquez untuk menggantikannya.

100 Persen Profesional

"Jorge punya kontrak sampai akhir 2020. Repsol Honda adalah tim yang serius dan 100 persen profesional dan tak pernah mengingkari komitmen," pungkas eks manajer pribadi Dani Pedrosa ini.

Lorenzo yang saat ini berada di peringkat 16 pada klasemen pembalap MotoGP dengan 19 poin, masih dalam tahap pemulihan cedera retak tulang belakang T6 dan T8 akibat kecelakaan di Assen, dan diharapkan kembali dalam pekan balap di Brno, Ceko, 2-4 Agustus 2019.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Blok Masela Bakal Produksi 10,5 Juta Metrik Ton Gas per Tahun

Posted: 16 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inpex Corporation menyiapkan sumber pendanaan untuk menggarap Blok Masela. Nilai investasi proyek lapangan gas abadi tersebut hampir USD 20 miliar yaitu sekitar USD 18,5-USD 19,8 miliar atau setara dengan Rp 267,8 triliun (kurs Rupiah 13.949 per dolar AS).

‎Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, ‎pendanaan untuk menggarap Blok Masel berasal dari beberapa sumber, diantaranya dari kas internal perusahaan untuk memodali kegiatan pencarian migas.

"It‎u nanti akan dilaksanakan oleh mereka, untuk offshore menggunakan dana mereka sendiri," kata Dwi, di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Pada kesempatan terpisah, President dan CEO Inpex Takayuki Ueda menambahkan ‎untuk sumber pendanaan fasilitas pengolahan gas menjadi gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) berasal dari pinjaman dengan skema Trustee Borrowing Scheme (TBS).

"Fasilitas LNG atau untuk fasilitas energi di indonesia kita pikirkan dengan skema Trustee Borrowing Scheme‎," ujarnya.

Setelah POD Blok Masela disetujui Pemerintah Indonesia, Inpex Masela anak usaha Inpex Corporation yang ditugaskan mengelola ‎Blok Masela akan melanjutkan membuat desain rinci (Front End Enginering Design/FEED). ‎‎

Menurut Ueda,‎ setelah menempuh tahap FEED, kemudian dilanjutkan dengan tahapan FID dan pengadaan teknis konstruksi (Enginering, Procurment and Construction/EPC) kemudian dilanjutkan dengan produksi pada periode 2027 atau 2028.

"Kami menargetkan untuk memulai produksi pada paruh kedua dekade 2020-an," ungkap dia.

‎Total kapasitas produksi gas yang akan diproduksi oleh Inpex setiap tahunnya adalah sebesar 10,5 juta Metrik Ton (MT) dengan rincian sebanyak 9,5 juta MT per tahun untuk gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) dan sebanyak 150 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) disuplai untuk kebutuhan domestik.

Selain itu, Blok Masela juga memproduksi kondensat dengan produksi rata-rata perhari 35 ribu barel per harui (bph) yang akan mulai berproduksi ditargetkan pada 2027.

Pemerintah Setujui Proposal Pengembangan Lapangan Gas Abadi Masela

Rencananya, blok ini akan dikelola dua perusahaan yakni Inpex dan Shell.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan bahwa Pemerintah ‎Indonesia sudah menyetujui rencana pengembangan  atau Plan of Development (POD) Blok Masela yang ditawarkan atau diajukan oleh Inpex Corporation.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, POD yang telah ditandatangani pada 5 Juli 2019. Rencana pengembangan tersebut berisi acuan besaran nilai dan target investasi.  Selain itu, proposal tersebut juga mengatur mengenai insentif dan penetapan bagi hasil.

"Jadi enggak boleh lebih dari itu. Kalau ada lebih harus diurus. Kemudian insentif apa, berupa tax, split, investment credit, untuk supaya mencapai tingkat keekonomian sesuai dengan cost," kata Dwi, di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Menurut Dwi, dalam POD juga ditetapkan skenario sebagian sumber pendanaan proyek‎ berasal dari internal kontraktor. "Kemudian di situ akan menyangkut masalah skenario pendanaan segala macam, yang akan dilaksanakan oleh kontraktor. Dengan skenario itu semua Pak Menteri menyetujui," tuturnya.

Untuk menetapkan penyerap gas ‎yang dihasilkan dari Blok Masela, SKK Migas akan menyerahkan sepenuhnya ke Inpex sebagai operator lapangan gas abadi ini. Namun, pemerintah melalui SKK Migas memiliki kewenangan untuk menyetujui alokasi penjualan gasnya.

"Itu kan yang lead-nya Inpex, ya itu nanti terserah Inpex, kalau Inpex ditunjuk sebagai penjual produk, itu kan ditender juga nanti, network Shell ikut ya silahkan saja,"‎ tandasnya.  

PGN Jajaki Serap Gas dari Blok Masela

PGN selalu aktif mencari sumber gas potensial sebagai salah satu peran PGN selaku Sub Holding Gas yang berkewajiban untuk mengupayakan pasokan gas bumi

Sebelumnya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mencari sumber gas potensial, diantaranya sedang menjajaki produksi gas dari Blok Masela. Perusahaan tersebut selalu terbuka, untuk menjalin komunikasi dengan operator gas hulu.

Direktur Pemasaran PGN Danny Praditya mengatakan, keberadaan Blok Masela sangat memungkinkan sebagai pondasi baru bagi penyediaan gas bumi domestik. Akan tetapi, sejauh ini PGN baru tahap menjajaki kemungkinan kerja sama untuk pemanfaatan gas dari Blok Masela.

"Apalagi dengan menyandang status sebagai Sub Holding Gas, maka peran komersialisasi dan monetisasi gas bumi adalah tugas PGN," kata Danny, di Jakarta, Kamis (27/6/2019). 

Untuk sampai tahap finalisasi, menurut Danny masih membutuhkan proses yang panjang. Sebab, PGN harus memperoleh data dan informasi detil terkait perkembangan Blok Masela terlebih dulu.

Selain itu, terdapat proses kajian yang lebih mendalam untuk proses kerjasama nantinya. Hal-hal seperti pengadaan modal, volume produksi, hingga perkiraan harga, mesti dikaji lebih terperinci.

"Ini baru tahap penjajakan, ke arah kerja sama masih panjang prosesnya," tutur Danny.

Danny juga menjelaskan, pasokan gas dari Lapangan Abadi ini sangat potensial untuk menjaga pasokan keperluan gas domestik. Hanya saja, perlu ada kajian keekonomian yang lebih rinci lagi.

"Ya untuk kesinambungan pasokan di domestik tentunya itu cukup signifikan ya, tinggal nanti keekonominannya seperti apa," ujar Danny.

Di sisi lain, PGN menganggap pemanfaatan Blok Masela sebagai potensial portofolio pasok yang akan menjamin pasokan di domestik. Intinya, lanjut Danny, untuk pengelolaan gas pastinya PGN aktif melibatkan diri.

"Sub Holding Gas memang sudah seperti itu tugasnya, kini pengelolaan infrastruktur pun gas bumi sudah di PGN," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Twitter Banjir Doa Warganet Saat Gempa Guncang Bali Curi Perhatian

Posted: 16 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi yang melanda Bali kemarin pagi pada 16 Juli 2019 mendapatkan perhatian warganet.

Atas kejadian ini sejumlah warganet pun membanjiri laman media sosial Twitter dengan doa dan dukungan untuk para korban gempa di Bali.

Alhasil, keyword Gempa Bali, Nusa Dua, dan tagar #PrayforBali menjadi trending topic di Twitter, artikel itu menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com pada Selasa (16/7/2019).

Adapun artikel lain yang populer, termasuk spesifikasi Vivo S1 yang baru rilis, dan tips mengatasi microSD yang tidak bisa terdeteksi.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa intip ketiga artikel tersebut berikut ini.

1. Gempa Guncang Bali, Twitter Banjir Doa dan Dukungan Warganet

Pemuka agama dan prajurit TNI memantau kerusakan pada bagian candi yang runtuh akibat gempa di Pura Lokanatha, Denpasar, Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8  yang mengguncang Bali dilaporkan terasa hingga ke Lombok dan wilayah Jawa Timur. (AP/Firdia Lisnawati)

Gempa bumi dengan magnitudo 5,8 menguncang Bali tadi pagi pada pukul 07:18 Wita.

Badan Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa terjadi di 83 kilometer Baratdaya Nusa Dua-Bali dengan kedalaman 68 kilometer.

Kendati begitu, gempa bumi di Bali tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Spesifikasi Lengkap Vivo S1 yang Baru Rilis di Indonesia

Tampak depan Vivo S1. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Vivo baru saja resmi memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Perusahaan asal Tiongkok itu untuk kali pertama merilis Vivo S1.

Perlu diketahui, S1 merupakan varian perdana dari lini S-series besutan Vivo. Menurut Senior Brand Director Vivo Mobile Indonesia, Edy Kusuma, lini S ini ditujukan untuk generasi muda yang ingin tampil beda.

"Kami melakukan riset ada generasi muda yang ingin smartphone stylish dan sesuai gaya hidup mereka. Hal itu kami tawarkan dengan kehadiran Vivo S1," tuturnya saat peluncuran Vivo S1 di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Selengkapnya baca di sini

3. MicroSD Kamu Tidak Terdeteksi? Tips Sederhana Ini Patut Dicoba

Opsi microSD. (Doc: eBay)

Kapasitas penyimpanan smartphone, laptop, kamera, dan perangkat digital lainnya dapat diperluas dengan memanfaatkan kartu microSD. Dengan cara ini, kapasitas perangkat yang terbatas dapat ditambah sehingga dapat menyimpan data lebih banyak.

Yup, microSD merupakan kartu memori eksternal yang sudah sering digunakan banyak pengguna untuk menyimpan dokumen dan data di luar kapasitas memori internal smartphone.

Namun, terkadang ada kalanya microSD tidak bisa terdeteksi di smartphone, laptop, dan kamera. Berbagai gejala yang menandakan, microSD rusak pun bisa bervariasi.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Stres dan Pikun, Calon Haji Batal ke Tanah Suci

Posted: 16 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang kakek berusia 73 tahun batal diberangkatkan ke tanah suci. Calon haji asal Surabaya ini dipulangkan kembali karena mengalami stres.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Damai, Rosa Meldianti dan Dewi Perssik Bakal Cabut Laporan

Posted: 16 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertengkaran antara Rosa Meldianti dengan tantenya, Dewi Perssik, akhirnya berakhir. Mengikuti wasiat mendiang Ayah Dewi Perssik, keduanya sepakat berdamai pada Selasa (16/7/2019). 

Menyusul perdamaian ini, Dewi Perssik dan Rosa Meldianti akan mencabut laporan masing-masing. Seperti diketahui, Dewi sempat melaporkan Rosa ke Polda Metro Jaya, sementara Rosa melaporkan Dewi ke Polres Jakarta Selatan. 

Keduanya saling melaporkan dengan kasus dugaan pencemaran nama baik. Rencananya, pengacara Dewi Perssik dan Rosa Meldianti akan mencabut gugatan secepatnya. 

"Besok atau hari ini semua laporan dicabut. Jadi sudah clear semua," imbuh pengacara Rosa Meldianti di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).

 

Wasiat

Dewi Perssik dan ayahnya (Instagram/ dewiperssikreal)

Dewi Perssik pun lega karena wasiat almarhum ayahnya untuk berdamai dengan Rosa Meldianti telah terwujud. Ia harap ke depannya bisa terus menjalin hubungan baik dengan Rossa. 

"Saya yakin almarhum papa saya keinginan terwujud anak-anaknya rukun. sayacuma bisa bilang sama kakak saya tercinta, mohon maaf lahir batin dari lubuk hati saya paling dalam," papar Dewi Perssik di tempat yang sama. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digugat 13 Calegnya, Ini Kata Gerindra

Posted: 16 Jul 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 13 calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Salah satu penggugat yakni istri musikus Ahmad Dhani, R Wulansari alias Mulan Jameela.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan yang digugat oleh 13 caleg tersebut bukanlah DPP Gerindra.

"Setelah kami baca gugatan tersebut bukanlah gugatan permuatan melawan hukum perdata, tetapi perkara perdata khusus parpol. Petitum gugatan tersebut juga tidak menuntut DPP dinyatakan melakukan PMH (perbuatan melawan hukum)," kata Dasco di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Dia menjelaskan, para calon hanya menginginkan DPP memiliki kewenangan untuk menetapkan sebagai anggota legislatif terpilih. Alasannya suara partai sudah menanjak dibandingkan perolehan suara caleg secara individu.

"Para penggugat hanya meminta PN Jaksel menyatakan agar DPP memiliki hak untuk menetapkan mereka sebagai anggota legislatif terpilih karena suara pemilih partai yang lebih besar dari pemilih caleg langsung," ungkapnya.

Mesik begitu, Dasco menyatakan Gerindra akan tetap mengikuti proses hukum yang berlaku. Sedangkan masalah internal akan diselesaikan melalui mekanisme Majelis Kehormatan Partai setelah proses gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) usai.

"Kami akan mengikuti proses hukum yang sedang berjalan termasuk mengedepanpan mediasi yang masih terus berlangsung. Biasanya proses sengketa internal kami selesaikan melalui Majelis Kehormatan," ucapnya.

Para Penggugat

Diketahui, sebanyak 13 calon anggota legislatif dari Partai Gerindra melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan membenarkan adanya gugatan tersebut.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Achmad Guntur menjelaskan, pihak tergugat I adalah Dewan Pembina Partai Gerindra dan tergugat II adalah Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra. KPU menjadi pihak turut tergugat.

Perkara ini terdaftar di PN Jaksel dengan nomor perkara 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Diajukan pada Rabu 26 Juni 2019 lalu.

Adapun, 13 nama caleg yang menggugat Partai Gerindra antara lain Seppaiga, Nuraina, Pontjo Prayogo SP, R Wulansari alias Mulan Jameela, Adnani Taufiq, Adam Muhammad, Prasetyo Hadi, Siti Jamaliah, Sugiono, Katherine A Oe, Li Claudia Chandra, Bernas Yuniarta, dan Irene.

Guntur mengatakan, sidang perdata itu akan dipimpin hakim ketua Zulkifli didampingi dua hakim anggota Merry Taat Anggarisih dan Krisnughoro. Sidang perdana akan dimulai hari ini, Rabu 17 Juli 2019.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesir Buka Piramida Bungkuk untuk Kunjungan Turis

Posted: 16 Jul 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Kairo - Untuk pertama kalinya sejak 1965, Mesir membuka dua piramida kunonya. Piramida-piramida itu kini terbuka untuk para turis.

Menteri Urusan Barang Antik, Khaled El-Anany mengumumkan pada wartawan bahwa wisatawan dapat mengunjungi piramida bungkuk dan sebuah piramida lainnya yang terletak sekitar 40 kilometer selatan ibu kota Mesir, Kairo. 

Menurut laporan DW Indonesia yang dikutip Rabu (17/7/2019), piramida bungkuk yang memiliki tinggi 79 meter itu dibangun 2.600 tahun sebelum Masehi untuk dinasti keempat Firaun Sneferu. Piramida tersebut tergolong istimewa karena dua ruangan di dalamnya. Kedua piramida yang dibuka untuk umum itu terletak di kerajaan Nekropolis Dashur, bagian dari Nekropolis Memphis.

Letak keunikan piramida bungkuk ini ada pada desainnya, khususnya sudut kemiringannya yang curam, yaitu 54 derajat pada 49 meter ketinggian pertamanya sebelum akhirnya mengerucut di puncak. Menurut El-Anany, piramida tersebut adalah representasi masa transisi dari desain piramida, antara Piramida Djoser (2.667-2.648 sebelum Masehi) dan piramida Meidum (sekitar 2.600 sebelum Masehi).

Sarkofagus dan Mumi Dipajang

Seorang pria menunggang unta dengan latar belakang piramida Khafre yang berada di dataran tinggi Giza di pinggiran barat daya ibukota Kairo, Mesir (6/12). (AFP Photo/Mohamed El-Shahed)

El-Anany juga mengatakan bahwa arkeolog telah menemukan koleksi bebatuan, tanah liat, dan sarkofagus yang terbuat dari kayu, beberapa mengandung mumi dan juga peninggalan tembok kuno. Semua itu bisa dilacak kembali ke masa kerajaan pertengahan yang berkisar 4.000 tahun lalu.

"Beberapa bebatuan, tanah liat dan sarkofagus kayu telah ditemukan dan beberapa mengandung mumi dalam keadaan baik," ujar Menteri El-Anany.

Para arkeolog juga memajang koleksi topeng-topeng penguburan dan peralatan pemotong batu dari Periode Akhir Mesir Kuno (664-332 sebelum Masehi). Barang-barang antik tersebut ditemukan tahun lalu di Nekropolis Dashur dalam sebuah penggalian yang akan masih terus belanjut.

Upaya Tarik Pengunung

Promosi wisata di Dashur merupakan salah satu upaya pemerintah Mesir untuk menarik pengunjung ke wilayah tersebut. Industri pariwisata Mesir sempat mengalami penurunan signifikan setelah revolusi tahun 2011 yang menjatuhkan Hosni Mubarak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

68.947 Calon Haji Tiba di Madinah, Sebagian Bergerak ke Makkah

Posted: 16 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Jumlah jemaah haji Indonesia di Madinah sudah mencapai 68.947 orang dari 170 kloter dengan jumlah petugas mencapai 850 orang.

Jemaah diberangkatkan dari 13 embarkasi di seluruh Indonesia. Embarkasi antara lain Jakarta (JKS dan JKG), Surabaya (SUB), Palembang (PLM), Lombok (LOM), Ujung Pandang (UPG), Batam (BTH), Medan (MES), Padang (PDG) dan Solo (SOC).

Demikian menurut data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag, Rabu (17/7/2019) pukul 07.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Tercatat 6 sudah wafat," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Bandara, Ambari Julianto di Madinah.

Enam jemaah yang meninggal tersebut bernama Sumiyatun bin Sawi, Khairil Abbas bin Salim, Mudjahid Damanhuri Mangun dan Artapiah Armin Musahab. Kemudian Soeratno G Mangun Wijoto dan Subli bin Nasir.

Saat ini, sebagian jemaah haji di Madinah sudah mulai bergerak ke Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Pada tahun ini, Indonesia kebagian kuota haji sebesar 221 ribu dari Pemerintah Arab Saudi. Dengan rincian, 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus.

Kemudian ada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi sebesar 10 ribu jemaah. Indonesia merupakan negara terbanyak mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci setiap tahunnya dibandingkan dengan negara lain.

 

Jemaah Haji Gelombang Dua Mulai Tiba di Jeddah pada 20 Juli

Jemaah haji Indonesia gelombang kedua akan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada 20 Juli 2019. Jumlah jemaah yang tiba mencapai 50 persen dari total kuota haji tahun ini sebanyak 231 ribu orang.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Arsyad Hidayat pada hari ini akan memeriksa langsung kesiapan layanan kedatangan jemaah haji di Jeddah.

"Saya ingin cek sarana dan prasarana, layanan seperti katering karena jemaah yang tiba di Bandara King Abdul Aziz akan dapat makan," jelas dia di Madinah, Selasa (16/7/2019).

Selain itu, dia akan berkomunikasi dengan pihak ukala, unit di bawah Pemerintahan Arab Saudi, yang memiliki kewenangan dalam penyambutan kedatangan jemaah haji. Serta kesiapan layanan bagasi jemaah.

Kedatangan jemaah haji di Bandara Jeddah dikatakan akan lebih ramai dibandingkan dengan Bandara di Madinah. Ini karena negara-negara lain dari Timur Tengah atau Asia, ikut mendaratkan jemaahnya di Bandara King Abdul Aziz.

"Sehingga kondisi jauh lebih ramai dan mengharuskan petugas lebih cekatan dan kerja sama harus jauh lebih baik. Kedatangan jemaah bisa bersamaan dalam satu gate dan jarak gate cukup jauh dibandingkan dengan Madinah," ungkap dia.

Tak hanya jemaah, petugas haji untuk layanan bandara akan ikut berpindah ke Jeddah, yang terbagi dalam dua kelompok. Pembagian karena masih tersisa beberapa kloter jemaah haji gelombang pertama yang datang melalui Bandara Prince Mohammed bin Abudl Aziz di Madinah.

"Ada tiga kloter pada dini hari dan pagi hari jemaah yang datang, sebab itu kita taruh petugas di bandara," dia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Munculnya Komedo

Posted: 16 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komedo merupakan bintik kecil yang muncul di pori-pori kulit dan merupakan cikal bakal dari tumbuhnya jerawat. Pada dasarnya komedo terbentuk akibat sumbatan pori-pori kulit. Sumbatan ini terjadi karena penumpukan minyak dan sel kulit mati. Banyak faktor yang menyebabkan komedo muncul. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan pola makan yang tidak sehat.

Makanan ternyata memiliki peran penting pada terbentuknya komedo di wajah. Bahkan, perawatan wajah yang sudah dilakukan secara maksimal bisa jadi tidak memberikan hasil yang signifikan bila kamu tetap memilih makanan yang tidak tepat.

Makanan merupakan salah satu penyebeb munculnya komedo dikarenakan bisa mempengaruhi kelenjar bawah kulit. Ada beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi terbentuknya lemak pada kelenjar lemak bawah kulit. Pemilihan makanan yang tidak tepat bisa menyebabkan produksi lemak bawah kulit menjadi berlebihan.

Nah, kalau kamu terus-menerus melakukan kebiasaan buruk ini, maka tak heran kalau komedo mudah muncul walaupun kadar hormon sedang normal atau kondisi kulit sedang bebas jerawat.

Untuk itu, pentingnya memilih jenis makanan yang tepat untuk menjaga produksi kelenjar bawah kulit. Selain mencegah munculnya komedo, pemilihan makanan yang tepat dan sehat juga membantu keefektivitasan perawatan wajah. Berikut ini Liputan6.com, Rabu (17/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang bisa bantu mencegah munculnya komedo.

Brokoli

Brokoli / Sumber: iStokphoto

Siapa yang tak mengenal segudang khasiat yang dihasilkan oleh brokoli untuk kesehatan tubuh? Tak hanya untuk kesehatan tubuh, ternyata sayuran hijau ini juga bisa menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan adanya banyak kandungan di dalam brokoli yang baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi pada brokoli dapat membantu melawan kerusakan kulit serta bisa membuat kulit menjadi semakin cerah. Adanya kandungan glukorafanin pada brokoli mampu untuk meregenerasi kulit yang rusak. Jadi, untuk menghindari masalah wajah seperti komedo, kamu bisa secara rutin mengonsumsi brokoli ini.

Alpukat

Alpukat | via: thepotassiumprincess.com

Selain sayur, ada juga buah-buahan yang dipercaya bisa membantu mencegah munculnya komedo. Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi kapan saja dengan berbagai macam bentuk olahan.

Alpukat bisa bantu mencegah munculnya komedo karena di dalamnya mengandung vitamin E dan C yang berguna untuk mengurangi peradangan pada tubuh dan membantu mencegah terbentuknya komedo.

Selain itu, manfaat alpukat untuk menjaga kesehatan kulit adalah bisa melembapkan kulit, sehingga kulit terhindar dari komedo.

Anggur Merah

Buah anggur (Sumber: iStockphoto.com)

Selain alpukat, buah lainnya yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk mencegah munculnya komedo adalah anggur merah. Buah ini sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah terjadinya komedo di wajah. Tak hanya daging buahnya, biji anggur merah juga memiliki senyawa kimia alami yang bisa memberikan dampak baik untuk kulit yang meradang.

Aneka Kacang

Ilustrasi kacang /copyright shutterstock.com

Makanan lainnya yang bisa bantu mencegah munculnya komedo adalah kacang-kacangan. Pada kacang terdapat beraneka ragam nutrisi seperti kalium, kalsium, vitamin E, selenium, magnesium, zat besi, dan tembaga yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan ini juga bisa bantu mencegah terjadinya komedo, serta dapat melindungi kulit agar tetap sehat.

Air Putih

Ilustrasi air putih. (pexels.com/CC0 License).

Khasiat air putih untuk tubuh memang tak perlu diragunakan lagi. Sudah diketahui apabila kamu kekurangan asupan cairan dari air putih maka akan memunculkan beragam masalah kesehatan. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untu memenuhi kebutuhan cairannya.

Selain baik untuk kesehatan, air putih juga memiliki dampak positif untuk melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan kulit terdiri dari sel-sel yang terbentuk oleh air. Jadi, apabila tubuh kamu dehidrasi, kulit akan menjadi kering dan kencang.

Mendapatkan asupan cairan yang cukup, dapat menghilangkan racun berbahaya di dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah kulit. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan dengan air putih secara tidak langsung juga dapat mencegah munculnya komedo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rooney Sesalkan Sukses Klopp bersama Liverpool

Posted: 16 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Dallas - Mantan pemain Everton, Wayne Rooney tak bisa menyembunyikan rasa kagumnya terhadap Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Namun mantan striker Manchester United itu hanya menyayangkan keputusan Klopp menukangi klub seperti The Reds.

Klopp mulai mengambil alih pos kepelatihan di Liverpool pada tahun 2015 lalu usai dia mundur dari Borussia Dortmund. Tapi ia butuh proses yang cukup panjang untuk bisa meraih kesukesan seperti sekarang ini.

Di tangannya, Liverpool harus melanjutkan tren buruk dengan mengakhiri musim tanpa gelar selama empat tahun lamanya. Setelah penantian panjang, akhirnya ia mempersembahkan gelar pertama yang datang dari kompetisi bergengsi Eropa, Liga Champions.

Bukan cuma itu, Klopp juga sukses membuat Liverpool jadi penantang serius Manchester City dalam perburuan gelar Premier League dan baru kalah pada pekan terakhir. Torehan tersebut membuat Rooney kagum, dan melayangkan pujiannya dengan cara yang berbeda.

"Jurgen adalah pelatih yang semua pemain ingin bermain untuknya. Anda bisa lihat bagaimana senangnya para pemain yang bermain di bawah asuhannya," tutur Rooney kepada Sport Bild.

"Saya pernah bertemu dengannya sekali, dia adalah orang yang luar biasa. Satu-satunya kesalahannya adalah dia bekerja untuk Liverpool dan sukses di sana," lanjut pria yang kini berkiprah di Amerika Serikat bersama klub MLS, DC United.

 

Prestasi di Dortmund

Wayne Rooney ketika masih membela Timnas Inggris. Ia kini bermain untuk DC United. (AP/Matt Dunham/File)

Rooney pernah bermain untuk Everton dan MU, yang notabenenya kedua klub tersebut adalah rival terbesar Liverpool. Bukan baru-baru ini Rooney mengikuti kiprah Jurgen Klopp sebagai pelatih. Ia mengaku kekagumannya terhadap Klopp didasari oleh prestasinya saat masih berstatus sebagai pelatih Borussia Dortmund dulu.

Sebagai informasi, Klopp menukangi Dortmund mulai tahun 2008 hingga 2015. Dalam rentang waktu yang cukup panjang itu, pria berumur 52 tahun tersebut berhasil mempersembahkan sejumlah prestasi apik, seperti gelar Bundesliga yang diraih sebanyak dua kali.

Respek Tinggi

"Saya punya rasa hormat tinggi kepada Jurgen Klopp dan juga atas apa yang telah ia raih. Tidak hanya di Liverpool, namun juga di Dortmund," tandasnya.

Saat ini, Klopp sedang mempersiapkan timnya melakoni laga uji coba pramusim melawan bekas klub asuhannya, Borussia Dortmund. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan pada hari Sabtu (20/7) mendatang di Notre Dame Stadium, Indiana, Amerika Serikat.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Hari Tayang, Film Dua Garis Biru Tembus Sejuta Penonton

Posted: 16 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira datang dari industri film Tanah Air. Film Dua Garis Biru yang dibintangi Angga Yunanda dan Zara JKT48 menembus sejuta penonton hanya dalam 6 hari. Seperti diketahui, Dua Garis Biru tayang Kamis (11/7/2019) di bioskop.

Karya Gina S. Noer ini dirilis berbareng dengan film Ikut Aku Ke Neraka dan Iqro My Universe. Meski demikian, performa Dua Garis Biru di tangga box office nasional tak tergoyahkan. Hari pertama, Dua Garis Biru merangkul lebih dari 178 ribu penonton.

Selasa (16/7/2019), rumah produksi Starvision Plus lewat akun Instagram mengunggah foto poster Dua Garis Biru dilengkapi tulisan, "Enam hari penayangan, 1.000.000++ sudah terbawa perasaan."

Menyertai foto ini, Starvision menulis status teks, "Terima kasih untuk semua penonton Dua Garis Biru yang sudah terbawa perasaan." Foto poster itu diunggah ulang akun @BicaraBoxOffice di Twitter dengan keterangan, "Dua Garis Biru adalah film Starvision tercepat tembus sejuta penonton, bahkan lebih cepat dari film-filmnya Ernest Prakasa."

Merespons unggahan ini, Ernest Prakasa mendata ulang film-film box office yang pernah dilahirkannya seperti Cek Toko Sebelah, Susah Sinyal, serta Milly dan Mamet. Dalam diskusi daring, Ernest Prakasa mengungkap, "Cek Toko Sebelah itu kalau enggak salah (tembus sejuta penonton) dalam 7 atau 8 hari, yang jelas bukan 6." Susah Sinyal mencapai sejuta penonton dalam 9 hari, sementara Milly dan Mamet baru menyentuh sejuta penonton dalam 11 hari.

Bersyukur

Adegan dalam film Dua Garis Biru. (Starvision Plus)

Ernest Prakasa menyelamati pemain dan kru Dua Garis Biru. "Setelah Yowis Ben 2 dan Ghost Writer, Dua Garis Biru menjadi film ke-3 Starvision Plus tahun ini yang tembus 1.000.000 penonton. Congrats!" cuit Ernest Prakasa.

Beberapa jam sebelumnya, Gina S. Noer menyampaikan rasa syukur atas pencapaian Dua Garis Biru. "Makasih, ya teman-teman. Kami sungguh tak menyangka. Terima kasih yang terus advokasi kami juga. Terima kasih pada yang berbagi pandangannya. Doakan lancar terus perjalanannya. Untuk kita semua. Amin," ujarnya. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1: PSS vs PSIS di Indosiar

Posted: 16 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duel seru akan terjadi pada lanjutan Shopee Liga 1 2019 nanti sore, Rabu (17/7/2019). PSS Sleman akan menjamu PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Kemenangan atas PSIS akan membuat PSS melejit ke posisi tiga klasemen sementara Liga 1. PSS saat ini ada diurutan lima dengan koleksi 12 poin. 

PSS Sleman sedang dalam tren positif. Mereka selalu menang dalam dua laga terakhir dengan mengalahkan Persebaya Surabaya dan Kalteng Putra.

PSIS sendiri berada di posisi delapan klasemen Liga 1 2019 setelah di laga terakhir kalah dari Borneo FC. Kekalahan tersebut mengakhiri momentum kebangkitan PSIS. Mereka menang dua kali dalam tiga laga terakhir sebelum bertemu Borneo.

Duel seru PSS Sleman melawan PSIS ini akan digelar pada pukul 15.30. Pertandingan ini disiarkan Indosiar dan juga bisa ditonton lewat live streaming di Vidio.

 

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan live streaming PSS Sleman melawan PSIS Semarang di Vidio, silakan klik disini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gojek Peroleh Suntikan Dana dari VISA

Posted: 16 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang biasa dikenal dengan Gojek kembali mendapat suntikan dana dari perusahaan asing.

Kali ini perusahaan pembayaran asal Amerika Serikat (AS) yakni VISA dikabarkan telah berinvestasi di perusahaan yang di nakhodai oleh Nadim Makarim tersebut.

Mengutip Reuters, Rabu (17/7/2019) Visa telah menyuntikan dana segarnya kepada perusahaan transportasi itu sebagai bagian dari pendanaan seri F Gojek yang tengah berlangsung saat ini.

Disebutkan, investasi itu bertujuan untuk kerja sama dalam upaya menyediakan lebih banyak alternatif untuk pembayaran non-tunai (cashless) bagi konsumen yang berada di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Kendati demikian, VISA tidak membeberkan lebih dalam terkait seberapa besar kucuran dana yang digelontorkanya untuk peningkatan transaksi keuangan non-tunai tersebut kepada Gojek.

Sumber yang tak disebutkan namanya juga mengungkapnya dari awal tahun ini Gojek sudah mengumpulkan pendanaan hingga USD 1 miliar dan valuasi perusahaan bahkan sudah menyentuh USD 10 miliar.

Bank Terbesar di Thailand Beri Kucuran Dana ke Gojek

Founder and Global CEO GOJEK, Nadiem Makarim (ketiga kiri) berbincang dengan  16 Diplomat Negara-Negara Anggota Uni Eropa di kantor GOJEK, Jakarta, Kamis (27/6/2019). Pada kunjungannya, Gojek menunjukan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan perekonomian daerah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bank terbesar di Thailand, Siam Commercial Bank, memberikan kucuran dana segar untuk Gojek.

Mengutip laman Nikkei Asian Review, Jumat (12/7/2019), pihak Siam Commercial Bank maupun Gojek menolak memberikan komentar tentang besaran investasi yang dikucurkan.

Namun, pendanaan ini disebut-sebut masih bagian dari putaran pendanaan seri F yang secara total diperkirakan mencapai angka USD 3 miliar.

SCB juga mengumumkan kemitraan dengan Gojek versi Thailand, yakni GET. Dengan kemitraan ini, para pengemudi dan mitra usaha GET bisa mendapatkan pinjaman dari bank tersebut.

Langkah investasi bank terbesar Thailand ini diumumkan hanya beberapa bulan setelah Kasikornbank (bank Thailand lain) berinvestasi senilai USD 50 juta kepada Grab. Grab sendiri merupakan kompetitor terbesar bagi Gojek.

Dengan kerja sama ini, para pengemudi GET bisa membuka akun rekening di SCB. Para pengemudi juga dapat memindahkan uang (masuk dan ke luar) dari aplikasi GET memakai sistem Easy Pay milik SCB, sekaligus mengajukan pinjaman usaha melalui aplikasi.

 

Memperluas Pelanggan SCB

Polisi menjaga di depan Balai Kota Solo, Jateng, mengantisipasi bentrok susulan antara sopir taksi dan pengemudi GoJek. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Wakil Presiden Eksekutif SCB Apiphan Charoenanusorn mengatakan, "Kemitraan ini akan membantu memperluas basis pelanggan SCB melalui aplikasi GET serta menciptakan ekosistem digital bagi pengguna GET melalui pengalaman perbankan mobile SCB."

Sekadar informasi, pada Februari 2019, jumlah pengguna GET di Thailand mencapai 200.000 users. Kemudian, saat ini jumlah unduhan aplikasi diperkirakan mencapai angka 1 juta kali unduh

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Berarti Nyenyak, Ini Penyebab Tidur Mendengkur dan Cara Mengatasinya

Posted: 16 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendengkur mungkin sudah menjadi hal umum yang biasa dialami sebagian orang tiap malam. Tidak jarang dengkuran yang dialami seseorang bisa mengganggu orang lain. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi dengkuran saat tidur ini.  

Banyak orang yang mengira mendengkur saat tidur, berarti tidurnya sangat nyenyak. Padahal bukan tidur nyenyak lah yang memicu atau menyebabkan seseorang mendengkur. Mendengkur bahkan mengurangi kualitas tidur.

Penyebab mendengkur adalah karena saluran pernapasan tersumbat. Udara tidak bisa keluar secara bebas melalui tenggorokan dan hidung, yang menyebabkan saluran pernapasan bergetar saat dilalui oleh aliran udara.

Mendengkur memang bukan hal yang berbahaya, namun terkadang mendengkur juga dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan yang serius. Perubahan gaya hidup tertentu dapat mengurangi dengkuran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/7/2019) tentang penyebab tidur mendengkur dan cara mengatasinya.

Penyebab Tidur Mendengkur

Posisi Tidur Terbaik agar Bebas Dengkur (Valery Sideinykov/Shutterstock)

Kelebihan berat badan

Penyebab tidur mendengkur yang pertama adalah kelebihan berat badan. Ketika jaringan berlemak dan massa otot kamu buruk, maka kemungkinan mendengkur akan semakin besar. Bahkan, walaupun kamu tidak memiliki kelebihan berat badan, saat memiliki beban tambahan di sekitar leher dan tenggorokan saja juga bisa membuat kamu mendengkur.

Posisi tidur

Biasanya orang yang mendengkur tidur dengan posisi terlentang. Hal ini terjadi karena tenggorokan menyempit dan lidah dalam posisi turun sehingga aliran udara terhalangi. Sebaiknya ubah kebiasaan tidur kamu dengan posisi menyamping ke kanan untuk meminimalisir dengkuran. Selain itu, juga bisa menjaga jantung tetap emmompa darah dengan lancar.  

Anatomi tubuh

Pria lebih sering mendengkur (Africa Studio/Shutterstock)

Hal ini berkaitan dengan jalur pernapasan pria yang lebih sempit dariada wanita. Karena itulah pria lebih sering mendengkur daripada wanita. Berbagai faktor genetika seperti jalur tenggorokan yang sempit, kelenjar gondok yang membesar, sumbing, dan lain-lain dapat mempengaruhi tidur kamu menjadi sering mendengkur. Kamu bisa mengatasinya dengan mengubah rutinitas tidur dan gaya hidup yang sehat.

Masalah pernapasan

Mendengkur tentunya akan berkaitan dengan masalah pernapasan. Saat hidung kamu sedang tersumbat dengkuran akan muncul karena kamu akan sulit bernapas dan membuat ruang kosong dalam tenggorokan. Kamu bisa mandi air hangat sebelum tidur agar saluran pernapasan lebih lega.

Alkohol, rokok, obat-obatan

Ilustrasi Foto Minuman Beralkohol (iStockphoto)

Mendengkur juga disebabkan oleh berbagai gaya hidup yang tidak sehat, seperti minum minuman beralkohol, merokok, serta konsumsi obat-obatan. Obat penenang biasanya dapat meningkatkan kelemasan otot yang menimbulkan dengkuran. Kamu harus berkonsultasi dengan dokter dalam mengatasi masalah dengkuran karena gaya hidup yang tidak sehat ini.

Sleep apnea

Sleep apnea adalah salah satu penyebab dengkuran dimana dinding tenggorokan saat tidur jadi mengendur atau menyempit. Sleep apnea termasuk ke dalam masalah pernapasan yang cukup serius, walaupun hanya muncul saat tidur saja. Hal ini juga ditandai dengan otot tenggorokan yang lemas dan mengendur.

Cara Mengatasi Dengkuran

Menurunkan berat badan (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Menurunkan berat badan

Cara mengatasi kebiasaan mendengkur tentunya merupakan solusi dari berbagai penyebabnya. Saat kamu mendengkur karena kelebihan berat badan, satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan menurunkan berat badan kamu. Makan yang terkontrol kalori, diet sehat dan berolahraga teratur adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Ubah posisi tidur

Seperti yang telah disinggung sedikit pada penyebab mendengkur tentang posisi tidur, mengubah posisi tidur menjadi menghadap ke sebelah kanan memiliki berbagai dampak positif. Tidur di satu sisi memungkinkan udara mengalir lebih lancar, mengurangi getaran. Ini bisa menghentikan suara dengkuran atau membuatnya lebih tenang.

Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol tentunya memang gaya hidup yang tidak sehat. Tidak hanya mendengkur saja, bahkan berbagai masalah kesehatan yang dapat berakibat fatal bisa saja menyerangmu saat merokok dan mengonsumsi alkohol. Jadi menghindari merokok dan mengonsumsi alkohol, terutama saat akan tidur dapat mengatasi dengkuran.

Senam mulut

Senam mulut (Y-Photo-Studio-By-Rido/Shutterstock)

Latihan tenggorokan dapat memperkuat otot-otot tenggorokan yang lemah dan lembek. Kamu bisa latihan senam mulut setidakanya selama 30 menit setiap harinya untuk mengatasi kebiasaan mendengkur. Begini caranya:

  1. Dorong ujung lidah ke atap mulut dan geser lidah ke belakang. Ulangi 20 kali.
  2. Sedot lidah ke atas sehingga seluruh lidah terletak di atap mulut. Ulangi 20 kali.
  3. Tekan bagian belakang lidah ke bawah mulut sambil menjaga ujung lidah menyentuh gigi depan bawah.

Minum air putih dan produk peppermint

Saat kamu mengalami dehidrasi, maka sekresi di hidung dan langit-langit akan menhadi lengket, sehingga menyebabkan dengkuran. Minum air putih akan membuat tidurmu bebas dari dengkuran dan kesehatan terjaga. Selain itu, produk peppermint baik obat kumur maupun yang dioleskan di sekitar hidung dapat mengatasi tidur mendengkur.

Bersihkan saluran hidung

Jika hidung tersumbat, bilas hidung dengan larutan garam sebelum tidur. Menggunakan neti pot, nasal decongestant, atau nasal strip juga dapat membantu kamu bernafas lebih mudah saat tidur. Jika memiliki alergi, kurangi tungau debu dan bulu hewan peliharaan di kamar atau gunakan obat alergi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jerat 9 Tahun Penjara Steve Emmanuel

Posted: 16 Jul 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Steve Emmanuel divonis di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada Selasa, 16 Juli 2019. Sebelum mendengarkan putusan hakim, Steve Emmanuel kerap menundukkan kepala.

Mantan suami Andy Soraya itu tak menghiraukan pertanyaan awak media dan langsung melangkahkan kakinya menuju ruang tunggu.

Steve Emmanuel harus menjalani proses hukum yang panjang setelah ditangkap jajaran Polres Jakarta Barat di kediamannya di lobi apartemen Kondominium Kintamani pada 21 Desember 2018. Lantaran kedapatan memiliki kokain dalam jumlah banyak, yaitu 92,04 gram, pemain sinetron tampan ini sempat terancam hukuman mati.

Namun belakangan, jaksa penuntut umum menjatuhkan tuntutan hukuman 13 tahun penjara.

Berikut fakta sidang vonis Steve Emmanuel yang dirangkum Liputan6.com:

Vonis Hakim

Artis Steve Emmanuel usai menjalani sidang putusan kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/7/2019). Steve Emmanuel diganjar hukuman 9 tahun kurungan penjara dan denda Rp 1 miliar karena terbukti bersalah menyalahgunakan narkoba jenis kokain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Steve Emmanuel terbukti bersalah menyalahgunakan narkoba jenis kokain. Atas perbuatannya, Majalis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat mengganjar Steve dengan hukuman 9 tahun kurungan penjara dan denda Rp 1 miliar.

"Menyatakan terdakwa Steve Emmanuel bersalah. Menjatuhkan pidana selama 9 tahun dan denda Rp 1 miliar. Bila tidak dibayar diganti 3 bulan kurungan," ujar Hakim Ketua Erwin Djong, Selasa, 16 Juli kemarin.

Erwin menilai Steve Emmanuel terbukti melanggar Pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Pertimbangan Hakim

Artis Steve Emmanuel (kiri) mendengarkan kuasa hukumnya saat sidang putusan kasus narkoba di PN Jakarta Barat, Selasa (16/7/2019). Steve diganjar hukuman 9 tahun kurungan penjara dan denda Rp 1 miliar karena terbukti bersalah menyalahgunakan narkoba jenis kokain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ada dua hal yang menjadi pertimbangan majelis hakim dalam menyusun amar putusan. Pertama hal yang memberatkan dan kedua meringankan.

Yang memberatkan adalah perbutan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkoba. Sementara, yang meringankan adalah terdakwa menyesali perbuatannya.

Putusan ini lebih rendah dari tuntutan jaksa selama 13 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar dengan subsider enam bulan kurungan.

Kecewa

Artis Steve Emmanuel saat menjalani sidang putusan kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/7/2019). Hakim menilai Steve tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkoba. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski vonis tersebut jauh lebih ringan, pria yang pernah dekat dengan Andi Soraya itu mengaku kecewa. Hal tersebut diungkapkan lewat kuasa hukumnya usai sidang vonis kasus narkoba yang menjeratnya digelar.

"Steve pertama adalah kecewa, saya sampaikan Steve alhamdulillah dulu, tapi namanya orang dihukum kan kecewa. Terus saya sampaikan bahwa ini sudah turun loh jadi 9 tahun," kata Firman Candra usai sidang digelar.

Mendapati vonis yang dijatuhkan kepadanya, Steve Emmanuel meminta waktu untuk mempertimbangkannya. Hal tersebut guna menentukan langkah hukum yang akan diambil. Apakah akan mengajukan banding atau menerima putusan hakim.

Ada waktu selama 7 hari bagi Steve dan kuasa hukumnya untuk memikirkan vonis tersebut.

Langkah Hukum

Artis peran Steve Emmanuel menjalani sidang perdana dugaan kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (21/3). Steve Emmanuel ditangkap polisi pada 21 Desember 2018 di Kondominium Kintamani, Mampang, Jaksel. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengacara Steve, Firman Chandra, mengatakan ada dua pilihan yang akan dipertimbangkan oleh tim penasihat hukum menyikapi vonis tersebut, yakni mengajukan banding ke pengadilan tinggi atau Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA).

"Ini sedang kami diskusikan. Apakah kita melakukan upaya hukum biasa, yakni banding atau upaya hukum luar biasa, yakni PK (Peninjauan Kembali) langsung ke Mahkamah Agung," ucap Firman di PN Jakbar, Selasa (16/7/2019).

Menurut Firman, kliennya seharusnya direhabilitasi, bukan dijatuhi hukuman pidana. Apalagi vonis yang dijatuhkan sangat berat.

"Sembilan tahun itu waktu yang lama. Kami masih berupaya agar ada upaya supaya Steve mendapatkan hukuman yang lebih ringan," kata dia.

Sementara itu, pengacara lainnya, Jaswin Damanik, mengkhawatirkan vonis yang diterima Steve semakin memperburuk kondisi psikologis kliennya.

"Kalau dia bunuh diri siapa yang tanggung jawab. Ini yang perlu kami berjuang lagi untuk upaya hukum selanjutnya. Apakah upaya hukum biasa atau luar biasa itu yang tengah kami matangkan lagi," ucap Jaswin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Deras Picu Bangunan 4 Lantai di Mumbai Ambruk, 10 Orang Tewas

Posted: 16 Jul 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Mumbai - Guyuran hujan deras di pusat keuangan India, Mumbai, pada Selasa 16 Juli, menyebabkan sebuah bangunan rumah susun empat lantai ambruk.

Sepuluh orang dilaporkan tewas dan belasan lainnya dikhawatirkan terperangkap di bawah puing-puing bangunan ambruk tersebut.

Dikutip dari Al Jazeera pada Rabu (17/7/2019), hujan deras menyebabkan ratusan rumah tersapu banjir, memicu tanah longsor, dan merenggut sekitar 180 nyawa di Asia Selatan.

"Sepuluh jenazah telah ditemukan dan sembilan lainnya yang cedera telah dikirim ke rumah sakit," kata juru bicara manajemen bencana setempat, Tanaji Kamble, kepada kantor berita AFP.

Bangunan ambruk itu berlokasi di Distrik Dongri, di wilayah Mumbai selatan yang padat.

"Operasi penyelamatan akan berlanjut sampai semua orang yang terjebak di bawah puing diselamatkan. Lebih dari 10 orang masih terjebak di dalam," tambah Kamble.

Dua tim dari Pasukan Penanggulangan Bencana Nasional (NDRF) India, serta sukarelawan lokal, pemadam kebakaran, dan polisi memeriksa puing-puing untuk mengeluarkan para penyintas dari bangunan ambruk terkait. 

Proses evakuasi dilaporkan terus berlangsung hingga Selasa malam.

Sempat Diperingatkan, Namun Diabaikan

Petugas pemadam kebakaran India mencari korban setelah sebuah bangunan ambruk di Mumbai (16/7/2019). Dua orang tewas dan sedikitnya 40 terperangkap di bawah puing-puing setelah bangunan ambruk ketika hujan lebat. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Menurut salah seorang petugas pemadam kebakaran setempat, Ashok Talpade, pihaknya sempat mendesak para keluarga untuk mengosongkan bangunan rumah susun itu pada beberapa waktu lalu.

Tetapi, mereka tetap bertahan meski telah diperingatkan tentang bahaya bangunan keropos akibat hujan deras.

Berbagai siaran televisi lokal menunjukkan orang-orang membentuk rantai manusia untuk bergotong royong menyingkirkan puing-puing dengan tangan mereka.

"Bangunan itu runtuh disertai suara keras. Kami mengira ada gempa bumi," kata seorang warga kepada saluran berita New Delhi Television.

Ketua Menteri Negara Bagian Maharashtra, Devendra Fadnavis, mengatakan kepada wartawan bahwa bangunan itu berusia 100 tahun dan 15 keluarga tinggal di sana.

Bangunan Berisiko Ambruk Saat Hujan Deras

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Perdana Menteri Narendra Modi mengetwit ucapan belasungkawa kepada keluarga para korban, dan menggambarkan insiden bangunan ambruk itu sebagai "kesedihan".

Waris Pathan, seorang politikus oposisi, mengatakan bangunan itu adalah jebakan maut, dengan pihak berwenang mengatakan mereka tidak punya uang untuk membangun kembali struktur terkait.

Mumbai yang menjadi rumah bagi 20 juta penduduk kerap mengalami musibah bangunan ambruk ketika turun hujan deras selama berjam-jam.

Awal bulan ini, sebuah tembok bangunan runtuh di kota itu, menewaskan 29 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daihatsu Jual 87.023 Mobil di Semester I, Ini Model yang Mendominasi

Posted: 16 Jul 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan wholesale sales pada semester pertama tahun ini sebesar 87.023 unit. Sedangkan retail sales pabrikan asal Jepang ini mencapai 88.026 unit.

Terkait penjualan kendaraan secara nasional, penjualan retail sebanyak 499 ribu unit atau turun sekitar 11,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tidak berbeda, untuk wholesale sales nasional berada di angka lebih dari 481 ribu unit, turun sekitar 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Untuk retail sales, Daihatsu masih didominasi Sigra dengan torehan 26.118 unit (30 persen), diikuti oleh Gran Max (PU) 16.538 unit (19 persen), dan Xenia 12.485 unit (14 persen).

Untuk penjualan Ayla, dan Terios berada dikisaran angka lebih dari 11.000 unit dengan kontribusi sekitar 13-14 persen.

"Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada konsumen yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraan mereka, sehingga kami dapat mempertahankan kontribusi pasar otomotif secara nasional," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director ADM, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (17/7/2019).

Toyota Recall Rush, Bagaimana Nasib Terios?

PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi melakukan penarikan kembali atau recall pada 60 ribu Rush produksi akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019.

Hal ini dilakukan untuk mengganti ECU Airbag pada kendaraan. Seluruh jaringan Toyota dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan penggantian ECU Airbag pada kendaraan terkait, karena potensi curtain airbag dapat mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu dikarenakan program komputer yang tidak sesuai.

Lalu bagaimana nasib saudara kembarnya Daihatsu Terios?

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra dengan tegas mengatakan bila Terios tidak akan ditarik kembali alias recall.

"Tidak ada recall. Terios tidak pakai Curtain Shield, jadi tidak ada recall," katanya.

Meski demikian, wanita yang akrab disapa Amel tersebut enggan berkomentar lebih jauh terkait recall yang dilakukan Toyota terhadap Rush.

"Silakan tanya Toyota saja ya," ujarnya singkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perbedaan Formula 1 Dan Formula E

Posted: 16 Jul 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DKI Jakarta akan menjadi sirkuit untuk Formula E 2020. Persiapan balap elektrik ini telah dilakukan sejak tiga bulan lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Sekolah, Putra Sulung Aliya Rajasa Sedih Teringat Ani Yudhoyono

Posted: 16 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Awal minggu ini menjadi momen awal memasuki tahun ajaran baru. Anak-anak yang telah libur cukup panjang akhirnya kembali ke sekolah, tidak terkecuali dengan putra sulung Aliya Rajasa dan Edhie Baskoro Yudhoyono, Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

Airlangga, demikian ia akrab disapa, saat ini telah duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar. Senin kemarin juga merupakan kali pertama ia memulai aktivitas sekolah tanpa sang nenek, Ani Yudhoyono.

Istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini wafat di National University Hospital, Singapura, pada Sabtu, 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu setempat, setelah berjuang melawan kanker darah yang dideritanya.

Melalui akun Instagram pribadi, Aliya Rajasa membagikan sepenggal kisah menyentuh terkait perasaan sedih putra sulungnya yang sedih teringat pada sang nenek di awal masuk sekolah.

"Kemarin Senin untuk pertama kalinya bagi Airlangga memulai kembali aktifitas sekolah tanpa ada Memonya lagi. Pagi-pagi waktu berangkat tiba2 sedih sekali karena tersadar gk akan pernah bisa pamit Memo dan disuwu' Memonya lagi sebelum sekolah," tulis Aliya Rajasa.

Selain sang ibu, Airlangga juga diantarkan ke sekolah dengan sang adik, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono. Istri Ibas juga menggambarkan situasi di sekolah seperti biasa menyenangkan bersama teman-teman dan guru-guru tersayang. Besar harapan Aliya agar rasa kehilangan Ani Yudhoyono di diri Airlangga dapat segera membaik.

Kenangan Aliya Rajasa pada Ani Yudhoyono

Ani Yudhoyono saat berada di luar rumah sakit ditemani SBY, Ibas, Aliya Rajasa, dan ketiga cucunya. (dok. Instagram @ibasyudhoyono/https://www.instagram.com/p/Bxr1k1zFwtr/Putu Elmira)

Kepergian Ani Yudhoyono meninggalkan duka mendalam terlebih bagi keluarga. Sang menantu, Aliya Rajasa, pun kembali mengenang sosok Ani yang dahulu sempat menyampaikan keinginannya mengantar cucu.

"Teringat kata Memo di hari-hari terakhir Memo yg disampaikan ke suster Aliya, memo bilang "Li kalau kita sudah kembali ke Cikeas, Memo mau ikut antar cucu-cucu ke sekolah setiap pagi.." yg aku amini dengan keyakinan itu pertanda Memo akan segera sehat dan bisa pulang ke Tanah Air dalam keadaan pulih.." tulis Aliya.

Ibu tiga anak ini kembali melanjutkan besar keyakinannya di hari pertama Airlangga sekolah, Ani Yudhoyono pun turut mengawasi dengan sukacita.

"we can feel you Mo, always in our hearts and minds. Alfatihah utk Memo Kristiani Herrawati Binti Sarwo Edhie Wibowo," tutup Aliya Rajasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarik Gugatan ke Gerindra, Ini Alasan Keponakan Prabowo

Posted: 16 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rahayu Saraswati D Djojohadikusumo keberatan namanya dicatut dalam gugatan perdata 14 caleg Partai Gerindra melawan Dewan Pembina dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Nama Saraswati termasuk dari 14 calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Gerindra yang melayangkan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada Rabu 26 Juni 2019 lalu. Adapun nomor perkara 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL.

Keponakan Prabowo Subianto ini menyatakan, tidak pernah menyetujui untuk memasukkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Rahayu menegaskan, hanya memberikan kuasa untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) bukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Saya menandatangani surat kuasa untuk pengajuan gugatan ke MK," kata Rahayu, Rabu (17/7/2019).

Rahayu menjelaskan, gugatan ke pengadilan tersebut diajukan tanpa sepengetahuannya. Ia pun merasa keberatan.

"Saya baru tahu seminggu lalu setelah isu mencuat. Saya merasa keberatan makanya saya tarik sejak tanggal 15 Juli 2019 kemarin," ujar dia.

Menurut Rahayu, dia tidak perlu menggugat Gerindra ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena yakin bisa menang di MK.

"Saya yakin bisa menang di MK karena bukti dan saksi lengkap. Untuk apa saya ajukan gugatan ke partai sendiri," kata Rahayu.

Gerindra Hormati

Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade usai melaporkan peretasan akun Instagram miliknya ke Polda Metro Jaya, Rabu (10/7/2019). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Sedangkan, anggota badan komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade menuturkan Prabowo sudah mengetahui terkait gugatan kadernya. Gerindra menghormati para kader menggugat partai sendiri.

Partai menganggap gugatan tersebut sebagai cara memperjuangkan keadilan mereka. Gugatan tersebut juga hanya mewakili pribadi kader.

"Partai menunggu hasil keputusan saja," kata Andre ketika dihubungi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penempatan Jemaah Haji Indonesia 2019 di Makkah

Posted: 16 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia mulai memasuki Kota Makkah, Arab Saudi. Kelompok terbang atau kloter pertama tiba di kota suci tersebut pada Minggu malam, 14 Juli 2019.

Sebanyak 450 calon haji dari Embarkasi Surabaya itu bergerak dari Madinah ke Makkah. Jemaah haji Indonesia kloter pertama itu memulai fase kedua dalam perjalanan ibadah haji usai melaksanakan Arba'in atau salat 40 waktu di Masjid Nabawi.

Ada 173 hotel yang disiapkan sebagai tempat tinggal jemaah asal Indonesia sebelum memulai puncak rangkaian ibadah haji. Hotel-hotel tersebut tersebar di 11 sektor dalam tujuh zonasi.

Bagaimana rincian zonasi penempatan jemaah haji Indonesia di Makkah? Simak dalam Infografis berikut ini:

Infografis

Infografis Jemaah Haji Indonesia 2019 Penempatan di Makkah. (Liputan6.com/Triyasni)

Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Aktor-Aktor yang Sukses Perankan Tokoh Ternama Dunia, Mirip Banget

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seorang aktor maupun aktris berperan sebagai tokoh utama di sebuah film biopik tentunya merupakan tantangan tersendiri. Hal ini mengingat mereka harus membawa karakter tokoh asli ke dalam film tersebut.

Artikel tentang aktor-aktor yang sukses perankan tokoh ternama dunia menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang potret Bali setelah gempa.  

Sementara artikel ketiga terpopuler membahas tentang kelakuan kocak pembeli di online shop.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 9 Aktor Perankan Tokoh Ternama Dunia, Mana yang Paling Mirip?

foto: Brightside

Selain kemampuan akting, nampaknya tampilan fisik pun akan dibuat semirip mungkin. Terlebih lagi jika film biopik tersebut tentang tokoh yang cukup mendunia dan diketahui oleh banyak orang.

Meski nantinya akan ada makeup artist yang merubah penampilan si aktor/aktris namun kebanyakan dari mereka juga akan dipilih lantaran memiliki kemiripan.

Selengkapnya...

2. Usai Dilanda Gempa, Begini Potret Terkini Bali Bidikan Warga

Pemuka agama dan prajurit TNI memantau kerusakan pada bagian candi yang runtuh akibat gempa di Pura Lokanatha, Denpasar, Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8  yang mengguncang Bali dilaporkan terasa hingga ke Lombok dan wilayah Jawa Timur. (AP/Firdia Lisnawati)

Kabar duka kembali menyelimuti warga Tanah Air. Gempa berkekuatan Magnitudo 5,8 mengguncang Bali, Selasa (16/7/2019) tadi pagi.

Getaran gempa tersebut mengakibatkan sejumlah bangunan seperti rumah, kantor, pura dan hotel di beberapa wilayah di Bali rusak. Hingga kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali masih terus menginventarisasi laporan kerusakan yang disampaikan warga.

Selengkapnya...

3. Kocak, Mengaku Puas tapi 7 Pembeli Ini Malah Beri Penilaian 1 Bintang

Doc: Instagram.com

Penilaian berupa bintang adalah salah satu hal penting bagi pedagang online shop. Karena hal ini menjadi tolak ukur kepuasan pembeli sehingga akan menaikkan kredibilitas si penjual.

Selain itu, review dari pembeli juga menjadi bahan masukan bagi penjual. Karena itu, sebaiknya kolom review serta bintang penilaian diberikan dengan bijak.

Meski demikian, tidak semua pembeli menggunakan kolom review dan penilaian dengan baik. Ada yang memberikan penilaian rendah padahal puas dengan layanan si penjual. Tentunya hal ini membingungkan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capai Rp 267,8 Triliun, Investai Blok Masela Terbesar Kedua Setelah Freeport

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mngemukakan, total biaya pengembangan lapangan Proyek LNG Lapangan Abadi di Blok Masela, Maluku, mencapai USD 18,5-19,8 miliar atau setara dengan Rp 267,8 triliun (kurs Rupiah 13.949 per dolar AS).

"Ini adalah investasi asing terbesar sejak 1968 dan simbol pembangunan di Indonesia Timur yang berskala global setelah Freeport Indonesia," kata Jonan seperti dikutip dalam laman Setkab.go.id, Rabu (17/7/2019).

Pada saat pembangunan, menurut Jonan, Proyek Blok Masela dapat menyerap 30 ribu tenaga kerja langsung maupun pendukung, dan saat beroperasi akan menyerap tenaga kerja antara 4.000 – 7.000 orang termasuk pembangunan industri petrokimia.

 

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengemukakan, Presiden menekankan 3 pesan penting untuk proyek ini. Pertama, komitmen Inpex sesuai dengan apa yang tertuang di PoD dan arahan pemerintah lewat Kementerian ESDM. Kedua, memaksimalkan lokal konten, dan ketiga adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) lokal.

"Persetujuan atas revisi PoD oleh pemerintah ini merupakan tonggak sejarah yang sangat penting bagi Proyek LNG Abadi," tegas Jonan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyambut gembira tercapainya persetujuan pembangunan Blok Masela antara pemerintah yang diwakili oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dengan investor pengelola blok tersebut Inpex Corporation.

Utamakan Pekerja Lokal

Seorang melintas di depan layar peta usai pertemuan antara Menko Kemaritiman dan Sumberdaya Rizal Ramli dengan perwakilan masyarakat Maluku di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (7/10/2015). Pertemuan membahas Blok Masela. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto yang bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan mengantar delegasi Inpex Corporation yang dipimpin oleh President/CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda menghadap Presiden Jokowi mengatakan, Presiden Jokowi juga ingin agar Inpex bisa memaksimalkan konten lokal dalam mengelola Blok Masela.

Tak hanya itu, Kepala Negara juga berharap tenaga kerja lokal bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin."Jadi nanti ada training-training untuk bisa meningkatkan kapabilitas dari SDM setempat," ujar Dwi.

Blok Masela Berproduksi di 2027

Rencananya, blok ini akan dikelola dua perusahaan yakni Inpex dan Shell.

Inpex Corporation ‎menargetkan blok minyak dan gas (migas) Maselabisa berproduksi pada 2027, setelah mendapat persetujuan pengembangan atau Plan Of Development (POD) dari Pemerintah Indonesia.

President dan CEO Inpex Takayuki Ueda mengatakan, setelah pemeirntah menyetujui rencana pengembangan Blok Masela, Inpex Masela yang merupakan anak usaha Inpex Corporation yang ditugaskan mengelola ‎Blok Masela akan melanjutkan membuat desain rinci atau Front End Enginering Design (FEED).

"Untuk menjaga agar proyek tetap kompetitif, Inpex akan terus bekerjasama dengan mitra kerja Shell‎ dengan dukungan Pemerintah Indonesia, untuk memulai persiapan yang diperlukan," kata Ueda, di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Setelah menempuh tahap FEED, kemudian dilanjutkan dengan tahapan FID dan pengadaan teknis konstruksi (Enginering, Procurment and Construction/EPC) kemudian dilanjutkan dengan produksi pada periode 2027 atau 2028.

‎Total kapasitas produksi gas yang akan diproduksi oleh Inpex setiap tahunnya adalah sebesar 10,5 juta Metrik Ton (MT) per tahun dengan rincian sebanyak 9,5 juta MT per tahun untuk gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) dan sebanyak 150 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) disuplai untuk kebutuhan domestik.

Selain itu,lapangan gas abadi Maselajuga memproduksi kondensat dengan produksi rata-rata perhari 35 ribu barel per harui (bph) yang akan mulai berproduksi ditargetkan pada tahun 2027.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramah Lingkungan, Wanita Ini Ciptakan Helm dari Daur Ulang Kertas

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Helm dirancang untuk melindungi tengkorak kepala dari bahaya benturan keras yang mampu mencederai organ otak. Tak sedikit juga orang yang acuh terhadap helm. Alasan seseorang tak memakai helm bermancam-macam, salah satunya adalah membawa helm terbilang tidak praktis dan mahal. 

Hal ini lah yang mendorong seorang wanita lulusan Pratt Institute of Design di New York untuk menciptakan helm yang menjawab keluhan masyarakat. Isis Shiffer adalah seorang desainer yang tinggal di New York ini memiliki ide membuat helm ramah lingkungan ini sejak studi di Tokyo.

Ia mencetuskan ide untuk dibuat helm yang terbuat dari bahan daur ulang bernama The EcoHelmet.

Setelah melakukan sejumlah penelitian, Shiffer mengembangkan EcoHelmet, sebuah helm dari kertas daur ulang yang tahan air, seperti yang Liputan6.com lansir dari Technical Brookly, Rabu (17/7/2019). Lapisan biodegradable pada helm ini bisa membuatnya tahan air selama tiga jam. Kertas daur ulang dibentuk seperti helm sepeda pada umumnya dan bisa dilipat rapi.

Helm Ramah Lingkungan

EcoHelmet (sumber: twitter/@EcoHelmet)

Helm ini juga meliliki keunikan, meski hanya memiliki satu ukuran, helm ini bisa pas dipakai semua orang. Desain dari helm daur ulang ini seperti honeycomb yang bisa meredam benturan. Helm ini juga tahan air dan kuat selama tiga jam ketika cuaca sedang hujan. The EcoHelmet berbahan dasar 100% kertas daur ulang.

Helm ini juga telah diuji dan bisa meredam benturan. Helm ini juga bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa kemanapun dan nyaman dipakai. Pada mulanya, Shiffer sangat kesulitan untuk meyakinkan orang bahwa helm ini benar-benar mampu melindungi tengkorak kepala.

Namun kini The Ecohelmet menjadi sangat terkenal setelah mendapakan penghargaan James Dyson Award.

James Dyson Award yang disebut-sebut sebagai penghargaan tertinggi dibidang desain produk. Kini The Ecohelmet sudah kembangkan dan telah mendapatkan sertifikasi. Helm The Ecohelmet tersebut kini dijual dengan harga sekitar $ 5 atau sekitar Rp 69,8 ribu. The Ecohelmet diperjual belikan secara mudah di sebuah mesin seperti vending machine minuman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Remaja Putri Rentan Anemia

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anemia masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Hal ini tidak hanya dialami wanita dewasa, sejak usia remaja juga sudah banyak yang mengalami anemia. 

Anemia banyak ditemukan di kalangan remaja putri khususnya mereka yang sudah mengalami menstruasi. Sebanyak 600 juta perempuan di dunia mengalami anemia. Di Indonesia sekitar 23 persen remaja putri menghadapi masalah ini.

"Bukan berarti remaja putra tidak bisa anemia, namun perempuan jauh lebih rentan karena selain mengalami fase pertumbuhan, mereka juga mengalami siklus menstruasi setiap bulan," kata drg Vitria Dewi di jumpa pers Nutrition International, Jakarta beberapa waktu lalu. 

Remaja usia 13-18 tahun membutuhkan asupan zat besi sebanyak 26 miligram per hari. Jumlah ini sebenarnya dapat dipenuhi jika mengonsumsi asupan gizi seimbang.

Namun remaja putri disarankan untuk meminum tablet tambah darah (TTD) untuk mengganti asupan zat besi yang hilang saat menstruasi.

Anemia Hambat Konsentrasi

6 Fakta tentang Anemia yang Perlu Anda Tahu (Anton Watman/Shutterstock)

Anemia yang dibiarkan dapat menghambat remaja dalam berkonsentrasi di sekolah. Mereka juga sulit beraktivitas karena mengalami 5L (Lemah, Letih, Lesu, Lelah dan Lunglai). Kondisi ini dapat berlanjut hingga perempuan hamil dan melahirkan.

"Kalau dia hamil risikonya akan lebih tinggi bila terjadi pendarahan. Bayi juga berisiko mengalami malnutrisi dan stunting di kemudian hari," ujarnya.

Untungnya, saat ini sudah tersedia tablet tambah darah (TTD) di sekolah-sekolah. 

"Saat ini TTD sudah tersedia di setiap UKS sekolah dan dapat dikonsumsi oleh para murid. Kami dan pemerintah telah berinvestasi senilai 3,6 juta dollar Kanada atau Rp36 miliar untuk akses suplementasi remaja putri di 9.000 sekolah Indonesia," kata Sri Kusyuniati, Direktur Nutrition International Indonesia.

 

 

Penulis: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Depresi dan Bunuh Diri, Kuasa Hukum Berharap Steve Emmanuel Direhabilitasi

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Steve Emmanuel telah dijatuhkan vonis sembilan tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Vonis tersebut jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yaitu 13 tahun penjara.

Meski demikian, tim kuasa hukum Steve Emmanuel tetap berharap kliennya dapat menjalani proses rehabilitasi. Pasalnya, ia melihat Steve Emmanuel ada kecenderungan depresi dan bunuh diri.

Hal itu disampaikan oleh tim kuasa hukum Steve Emmanuel di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/7/2019).

"Kenapa harus direhabilitasi? Berdasarkan keterangan ahli bahwa Steve harus direhabilitasi karena apa, kalau nggak diobati cenderung depresi bahkan cenderung bunuh diri dan akhirnya meninggal. Siapa yang bertanggung jawab? Nah, ini yang perlu kami berjuang lagi," kata Jaswin Damanik.

 

Disatukan dengan Pelaku Pembunuhan

Artis peran Steve Emmanuel menjalani sidang perdana dugaan kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (21/3). Sidang Steve Emmanuel itu beragendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Firman Chandra, kuasa hukum Steve Emmanuel yang lain juga menyampaikan bahwa saat ini Steve Emmanuel sudah terlihat depresi. Karena disatukan dalam sel bersama tahanan yang tersangkut kasus berbeda, seperti pelaku pembunuhan dan teroris.

"Sangat depresi. Terus terang Steve juga akhirnya pengaruh kejiawaannya kan, karena semestinya terdakwah narkoba harus dipisahkan dengan terdakwa lain, apakah itu pembunuhan atau kasus teroris. Ini disatukan," tambah Firman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vexanium Ajak Developer Buat Gebrakan untuk Indonesia Lewat Blockchain

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi blockchain akhir-akhir ini menjadi pembicaraan karena kemampuannya untuk melakukan disrupsi terhadap bisnis yang ada saat ini.

Blockchain bersama dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sering disebut sebagai pemimpin dari revolusi teknologi 4.0.

Teknologi blockchain sendiri adalah database yang bersifat trusted karena data disimpan di banyak tempat yang disebut dengan miner, atau block producer.

Karakter blockchain ternyata bisa membuat bisnis harus memikirkan ulang bisnis modelnya, sedangkan aplikasi yang berbasis blockchain biasa disebut decentralized application atau Dapps.

Beberapa contoh disrupsi yang dilakukan blockchain misalnya pengiriman uang secara peer to peer tanpa melalui middleman atau perantara seperti halnya Bitcoin, pemakaian blockchain untuk e-voting, pencatatan kepemilikan saham sampai ratusan orang di suatu perusahaan (equity crowdfunding).

Bisa juga diterapkan di property (hotel, apartemen, dan lainnya) yang biasa disebut fractional ownership serta bisa secara drastis meningkatkan likuiditas di pasar, dan banyak disrupsi lainnya.

Berkaitan dengan teknologi tersebut, salah satu public blockchain lokal terbesar di Indonesia, Vexanium, baru saja mencanangkan "Hari kemerdekaan blockchain lokal Indonesia".

 

Kompetisi Bertaraf Internasional

Dok: Vexanium

Ajang ini merupakan kompetisi Dapps internasional bagi para developer di Indonesia dan juga seluruh dunia. Demikian seperti yang dikutip dari keterangan pers Vexanium, Rabu (17/7/2019). 

Ini merupakan ajang bagi para developer untuk mulai memahami potensi dan manfaat Dapps, dan juga membangun aplikasi terdesentralisasi yang bisa memberikan dampak positif bagi pengguna di Indonesia dan seluruh dunia.

Kompetisi ini berhadiah total 1 juta Vex untuk 6 orang pemenang plus total 300,000 Vex special prize untuk 3 pemenang. Developer yang ingin mempelajari potensi Dapps dan cara membuat Dapps dengan platform Vexanium di dev.exanium.com.

Sementara developer yang ingin mengikuti kompetisi Dapps bisa mendapatkan info lebih lanjut di vexanium.com/dapp-competition.

Vexanium mengajak para developer menjadi bagian dari revolusi industri 4.0 di indonesia.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan di Jawa Timur Perlu Galakkan Program Magang, Apa Untungnya?

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) dan Kamar Dagang Industri Jawa Timur bekerja sama dengan bagian pendidikan vokasi luar negeri IHK (Kadin Jerman) mendorong kepada perusahaan yang ada di wilayah Jatim untuk mengoptimalkan keberadaan tenaga siswa magang.

Ketua BKSP Jatim, Adik Dwi Putranto mengatakan, dengan ada peserta magang di sebuah perusahaan, bisa terbantu proses produksinya.

"Selain itu, para peserta magang ini juga nantinya dididik sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan itu, nantinya kami juga akan memberikan pelatihan," katanya usai kegiatan Sharing dan Workshop bertajuk bagaimana pemagangan dapat memberikan benefit bagi perusahaan di Kantor Kadin Jatim, Selasa 16 Juli 2019, dilansir Antara.

Ia mengemukakan, Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merupakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan yang relevan dengan dunia kerja.

"Peningkatan kualitas lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan hal yang dibutuhkan saat ini," kata dia.

Terlebih, kata dia, pendidikan mempunyai fungsi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar mampu berperan lebih kreatif dan inovatif dalam pembangunan.

"Dalam pelaksanaan program PSG, pendidikan sebagian diselenggarakan di sekolah dan sebagian dilaksanakan di industri," kata dia.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja, lanjut dia, diperlukan sinergi antara dunia pendidikan dan dunia usaha–dunia industri (DUDI) untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan

"Salah satu program yang dikembangkan saat ini adalah pemagangan yang dapat berupa Praktik Kerja Lapangan (PKL)," katanya.

 

Perlu Ada Pola dan Sistem yang Tepat

Jangan main-main pilih tempat magang. Soalnya, magang adalah tes untuk menentukan masa depan.

Ia menuturkan, masalahnya apakah kegiatan tersebut telah memberikan keuntungan bagi perusahaan selain sebagai kewajiban atau malah jadi beban.

"Untuk itu perlu ada pola dan sistem yang tepat agar kegiatan tersebut dapat memberi manfaat kepada semua pihak," kata dia.

Pada kesempatan sama, Andreas Gosche dari IHK (Kadin) Trier Jerman mengatakan, di negara asalnya, para siswa belajar selama lima hari. Dalam lima hari itu, kegiatan yang dilakukan antara lain tiga hari merupakan belajar praktik dan sisanya belajar di sekolah.

"Artinya kalau siswa tersebut sudah selesai sekolah maka sudah siap untuk masuk ke dalam dunia kerja sesuai uang dibutuhkan. Di Jerman saat ini yang banyak adalah industri manufaktur, tetapi apapun perusahaannya tetap pola pemagangan itu perlu diterapkan," kata dia.

Menurut dia, banyak keuntungan yang didapatkan di antaranya perusahaan tidak perlu lagi melakukan tes terhadap calon pegawai, karena dari siswa magang sudah diketahui bagaimana kerja yang dilakukannya.

"Termasuk kebutuhan dari perusahaan seperti apa, sudah ditetapkan sejak siswa tersebut magang di sebuah perusahaan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Ceko: Menanti Kebangkitan Rossi

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta MotoGP Ceko di sirkuit Brno boleh jadi menjadi ajang untuk melihat apakah Valentino Rossi bisa bangki. Saat ini, Rossi sudah enam balapan terakhir gagal meraih podium, tiga diantaranya gagal finis.

Bagi Rossi, sirkuit Brno bisa dibilang merupakan sirkuit terindahnya. Pembalap asal Italia itu sudah tujuh kali menjadi juara di sirkuit ini, empat di antaranya di ajang MotoGP.

Hanya, masalahnya, Rossi sudah lama tidak menang di Republik Ceko. Terakhir, The Doctor, julukan Rossi, naik podum utama di Sirkuit Automotodrom Brno, pada 2009. Ketika itu, dia mengalahkan dua pembalap Spayol, Dani Pedrosa dan Toni Elias.

Kini, di Brno, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez akan kembali menjadi saingan berat Rossi. Dia merupakan juara MotoGP seri sebelumnya, Jerman. Marquez sendiri sudah lima kali naik podium pertama pada tahun ini.

Di klasemen MotoGP 2019, Marc Marquez pun berada di puncak. Dia mengumpulkan 185 poin, unggul 58 poin dari rival terdekatnya, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Sedangkan Rossi masih terpuruk di peringkat ke-6.

Simak jadwal MotoGP Republik Ceko di halaman selanjutnya.

Latihan Bebas

Meski sempat memimpin balapan MotoGP Republik Ceko, pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi hanya bisa finis keempat. (Twitter/Yamaha MotoGP)

Jumat (02/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas

18:30 WIB, Latihan Bebas

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Sabtu (03/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas

18:30 WIB, Latihan Bebas

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Lomba

Minggu (04/08/2019)

19.00 WIB, Lomba

Sirkuit Automotodrom Brno

Live di Trans 7

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilih Parfum Sesuai Motif Batik Favoritmu

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Batik yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Non Bendawi dari Indonesia oleh UNESCO kini tidak hanya berwujud lembaran kain. Inovasi produk batik diterjemahkan oleh banyak orang dalam berbagai rupa, salah satunya parfum batik.

Angga Pratama, pertama kali menggagas pembuatan parfum batik yang diberi merek Parfumbatik. Usaha yang dirintisnya sejak 1,5 tahun lalu ini ternyata berhasil mencuri hati pelanggan.

Setidaknya 1.500 botol Parfumbatik terjual setiap bulannya. Lantas, apa yang membuatnya tertarik menciptakan produk Parfumbatik?

"Sebenarnya saya khawatir dengan gempuran parfum dari luar negeri," ujar Angga, Selasa (16/7/2019).

Bukan tanpa alasan Angga merasa khawatir. Ia paham betul bahan dasar parfum itu justru banyak ditemui di Indonesia.

Angga mengungkapkan Indonesia merupakan penghasil nila dan gaharu terbaik di dunia. Nilam adalah tumbuh-tumbuhan yang daunnya digunakan sebagai bahan dasar parfum, sedangkan gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas. Resin ini yang dipakai dalam industri wewangian karena harum.

Batik dipilih sebagai nilai jual karena sarat filosofis. Ia menjadikan ragam batik sebagai varian parfumnya.

"Kami ingin mengangkat batik biar semakin dikenal di luar negeri sebab batik identik dengan etnik khas Indonesia," ucapnya.

 

Ciri Khas Motif Batik Jadi Penanda Aroma

Parfumbatik menjadi inovasi produk batik yang menerapkan motif batik sebagai varian aroma. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Angga mengemas Parfumbatik dengan motif batik khas daerah yang ada di Indonesia. Ada empat varian parfum yang identik dengan motif batik tertentu.

Pertama, Parfumbatik varian Sogan. Sesuai namanya, Sogan merupakan motif batik khas Solo. Kemasan yang membungkus parfum ini juga dipenuhi dengan motif batik itu. Sogan menawarkan sensasi aroma manis dan wood.

Kedua, Parfumbatik varian Mega Mendung. Motif ini berasal dari Cirebon dan aroma yang dihadirkan lewat parfum ini adalah buah-buahan yang menyegarkan.

Ketiga, Parfumbatik varian Singa Barong. Motif batik dari Bali ini memberi bau bunga-bunga sesaji yang didominasi melati, cempaka, dan cendana.

Keempat, Parfumbatik varian Parang Barong. Motif batik dari Yogyakarta ini mengeluarkan aroma cendana dan cempaka yang kental.

Parfumbatik dijual dalam kemasan botol 35 mililiter. Ada dua macam parfum di setiap varian aroma, yakni deluxe dan premium.

Parfumbatik deluxe memiliki ketahanan aroma enam sampai delapan jam dibanderol harga Rp 60.000, sedangkan premium memiliki ketahanan aroma 12 sampai 24 jam seharga Rp 90.000.

 

Parfum Tanpa Alkohol

Parfumbatik menjadi inovasi produk batik yang menerapkan motif batik sebagai varian aroma. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Parfumbatik tidak memakai alkohol. Sebagai gantinya, parfum ini memakai hasil penyulingan tebu. Selain memperkuat nilai batik, parfum ini juga diproduksi untuk membantu petani lokal.

Angga membeli bahan dasar parfum langsung dari petani, seperti membeli nilam dari petani di Aceh atau aneka bunga dari petani di Karanganyar, Batu, dan sekitarnya. Ia memasarkan produknya secara online dan offline.

Ia berkonsinyasi dengan toko oleh-oleh di Yogyakarta, Solo, Malang, Bali, dan Cirebon. Ada pula stan yang dibuka di Jalan Malioboro Nomor 5, tempatnya menjadi satu dengan kios bakso Cak Man.

"Kalau ekspor langsung ke luar negeri belum pernah, tetapi biasanya wisatawan mancangera membeli Parfumbatik dan membawanya pulang ke negara asal," kata Angga.

Ia juga menjamin Parfumbatik memiliki aroma unik yang tahan lama serta tidak menimbulkan iritasi di kulit karena menggunakan bahan alami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Game of Thrones Raih 32 Nominasi Emmy Awards 2019

Posted: 16 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Serial Game of Thrones berhasil memecahkan rekor nominasi Emmy Awards terbanyak. GoT tahun ini menyabet 32 nominasi di berbagai kategori Emmy Awards.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Taftoon, Roti Iran yang Menjadi Makanan Pokok di Kuwait

Posted: 16 Jul 2019 08:55 PM PDT

Tukang roti bersiap memasukkan adonan roti Iran atau taftoon ke dalam oven tradisional di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Pembuat roti menaruh adonan di atas bantal untuk kemudian ditempelkannya ke dinding oven tradisional yang terbuat dari tanah liat. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Tukang roti bersiap memasukkan adonan roti Iran atau taftoon ke dalam oven tradisional di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Pembuat roti menaruh adonan di atas bantal untuk kemudian ditempelkannya ke dinding oven tradisional yang terbuat dari tanah liat. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Proses pemanggangan roti Iran atau taftoon dalam oven tradisional di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Taftoon telah menjadi makanan pokok untuk sarapan, makan siang, dan selalu menghiasi meja makan orang Kuwait selama beberapa dekade. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Proses pemanggangan roti Iran atau taftoon dalam oven tradisional di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Taftoon telah menjadi makanan pokok untuk sarapan, makan siang, dan selalu menghiasi meja makan orang Kuwait selama beberapa dekade. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Tukang roti mengangkat roti Iran atau taftoon yang sedang dipanggang dalam oven tradisional di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Selesai dipanggang, pembuat roti akan mengeluarkan roti menggunakan tongkat panjang. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Tukang roti mengangkat roti Iran atau taftoon yang sedang dipanggang dalam oven tradisional di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Selesai dipanggang, pembuat roti akan mengeluarkan roti menggunakan tongkat panjang. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Tukang roti mengangkat roti Iran atau taftoon setelah dipanggang dalam oven tradisional di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Beberapa orang Kuwait biasanya menambahkan taftoon dengan wijen, thyme, adas, hingga kurma. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Tukang roti mengangkat roti Iran atau taftoon setelah dipanggang dalam oven tradisional di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Beberapa orang Kuwait biasanya menambahkan taftoon dengan wijen, thyme, adas, hingga kurma. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Pelayan menyajikan roti Iran atau taftoon kepada pelanggan di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Taftoon akan lebih nikmat bila disajikan saat masih panas. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Pelayan menyajikan roti Iran atau taftoon kepada pelanggan di sebuah toko di Kuwait City, Kuwait, 27 Juni 2019. Taftoon akan lebih nikmat bila disajikan saat masih panas. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal ICC 2019: Arsenal vs Bayern Munchen

Posted: 16 Jul 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duel Fiorentina dengan Chivas Guadalajara membuka International Champions Cup (ICC) 2019. Berlangsung di Seatgeek Stadium, Bridgeview, Illinois, Selasa (16/7/2019) atau Rabu pagi WIB.

Chivas sempat memimpin melalui Javier Lopez. Namun, Fiorentina membalikkan kedudukan lewat Giovanni Simeone dan Riccardo Sottil.

Fiorentina menggantikan AS Roma pada ICC tahun ini. AS Roma terpaksa melewatkan turnamen pramusim bergengsi tersebut karena harus menjalani kualifikasi Liga Europa 2019/2020.

La Viola bakal menghadapi tim yang semestinya menjajal AS Roma. Setelah Chivas, mereka menghadapi Arsenal (20 Juli) dan Benfica (24 Juli).

Selain empat tim yang sudah disebut, ICC 2019 melibatkan 14 klub lain. Laga berlangsung di Amerika Serikat, Singapura, Tiongkok, Wales, Inggris, dan Swedia. Berikut jadwal lengkap turnamen tahun ini:

Jadwal ICC

17 Juli 2019: Arsenal vs Bayern Muenchen (Dignity Health Sports Park, Carson, California, AS)

20 Juli 2019: Manchester United vs Inter Milan (National Stadium, Singapura)

20 Juli 2019: Arsenal vs AS Roma (Bank of America Stadium, Charlotte, North Carolina, AS)

20 Juli 2019: Bayern Muenchen vs Real Madrid (NRG Stadium, Houston, Texas, AS)

20 Juli 2019: Benfica vs Chivas (Levis Stadium, Santa Clara, California, AS)

21 Juli 2019: Juventus vs Tottenham Hotspur (National Stadium, Singapura)

23 Juli 2019: Real Madrid vs Arsenal (Fedex Field, Landover, Maryland, AS)

23 Juli 2019: Bayern Muenchen vs AC Milan (Arrowhead Stadium, Kansas City, Missouri, AS)

23 Juli 2019: Chivas vs Atletico Madrid (Glob Life Park, Arlington, Texas, AS)

Jadwal Lain

24 Juli 2019: Juventus vs Inter Milan (Nanjing Olympic Sports Complex, Nanjing, Tiongkok)

24 Juli 2019: AS Roma vs Benfica (Red Bull Arena, Harrison, New Jersey, AS)

25 Juli 2019: Tottenham Hotspur vs Manchester United (Hongkou Football Stadium, Shanghai, Tiongkok)

26 Juli 2019: Real Madrid vs Atletico Madrid (Metlife Stadium, East Rutherford, New Jersey, AS)

28 Juli 2019: AC Milan vs Benfica (Gillete Stadium, Foxborough, Massachussetts, AS)

3 Agustus 2019: Manchester United vs AC Milan (Principality Stadium, Cardiff, Wales)

4 Agustus 2019: Tottenham Hotspur vs Inter Milan (Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris)

10 Agustus 2019: Atletico Madrid vs Juventus (Friends Arena, Stockholm, Swedia)

 

Hasil

16 Juli 2019: Fiorentina 2 vs Chivas 1 (Seatgeek Stadium, Illinois, AS)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Beberkan Kendala Utama Masuknya Investasi

Posted: 16 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai tidak selarasanya kebijakan pusat dan daerah menjadi kendala utama dalam meningkatkan pertumbuhan investasi di dalam negeri.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, selama ini para investor paling banyak mengeluhkan soal adanya perbedaan kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah.

"Perbedaan kebijakan pusat dan daerah, itu salah satu keluhan utama yang ada di para investor. Misalnya investor asing masuk ke Indonesia, ketemu pemerintah pusat, investasi persyaratannya A, B, C, D. Begitu masuk ke pemda, itu jadi E, F, G, sampai Z," ujar dia di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Pemerintah diakuinya telah menerapkan kebijakan Online Single Submission (OSS) untuk memperbaiki masalah perizinan. Namun hal tersebut dinilai tidak cukup. Sebab, ada juga masalah lain yang menghambat masuknya investasi ke dalam negeri, seperti masalah produktivitas sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan.

Rosan mengungkapkan, permasalah lain yang juga membuat pertumbuhan investasi tidak signifikan yaitu soal kepastian hukum dan perizinan. Hal itu juga menjadi sorotan para investor.

"Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan sinkronisasi kebijakan," kata dia.

 

 

   

Banyak Aturan yang Menghambat Investasi

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Edi Prasetyo mengatakan para gubernur harus melepas baju dan warna politik saat menjalankan tugas. Hal itu penting untuk membuat investasi berjalan dengan baik.

"Karena bukan seperti apa-apa, di pemerintah daerah untuk investasi, contohnya Jakarta, itu ketakutan karena aturan-aturan banyak yang masih terhambat," ungkap Prasetyo.

Dia mengaku akan menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membicarakan apa yang harus dilakukan guna menggaet investasi seperti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam kasus DKI, salah satu yang mengemuka ialah soal kepastian hukum. Saat ini Pemprov DKI memaksakan untuk melakukan perubahan terhadap kerja sama yang dijalin dengan operator air bersih. Padahal Mahkamah Agung (MA) telah mengeluarkan putusan bahwa kerja sama pemerintah dan swasta dalam penyediaan air bersih tidak melanggar aturan perundangan.

Pemerintah sendiri telah memiliki skema kerja sama antara badan usaha dan pemerintah atau public private partnership (PPP) untuk menggenjot pembangunan infrastruktur dasar.

RI Butuh Investasi Infrastruktur USD 429,7 Miliar pada 2020-2024

Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro memberikan keterangan terkait rencana pemindahan ibu kota negara di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Pemerintahan Presiden Jokowi kembali membuka wacana pemindahan ibu kota negara karena kondisi lingkungan Jakarta yang semakin menurun. (merdeka.com/Imam Buhori)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyatakan, perekonomian pada 2020-2024 akan didorong oleh peningkatan investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang tumbuh 6,88-8,11 persen per tahun.

Dia mengungkapkan, untuk mencapai target tersebut, investasi swasta asing maupun dalam negeri akan didorong melalui deregulasi prosedur investasi, sinkronisasi dan harmonisasi peraturan perizinan, termasuk peningkatkan EoDB Indonesia dari peringkat 73 pada 2019 menjadi menuju peringkat 40 pada 2024.

Peningkatan investasi, lanjut dia, juga didorong oleh peningkatan investasi pemerintah, termasuk BUMN, terutama untuk pembangunan infrastruktur.

 Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan saham infrastruktur menjadi 50 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan belanja modal menjadi  2,3 persen-2,8 persen pada 2024.

"Peningkatan investasi akan ditujukan pada peningkatan produktivitas yang akan mendorong peningkatan efisiensi investasi," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Butuh Upaya Pendalaman Pasar Keuangan

Suasana pembangunan stasiun LRT di kawasan Ciracas, Jakarta, Sabtu (23/3). Pada tahun 2019, pemerintah menganggarkan dana APBN untuk infrastruktur sebesar Rp415 triliun, naik 1,04% dari anggaran infrastruktur tahun sebelumnya. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Bambang menjelaskan, untuk membiayai kebutuhan investasi pada 2020-2024, dibutuhkan upaya pendalaman pasar keuangan, terutama nonperbankan, peningkatan akses jasa keuangan atau inklusi keuangan, dan optimalisasi alternatif pembiayaan.

Untuk meningkatkan saham infrastruktur terhadap PDB dari 43 persen pada 2017 menjadi 50 persen PDB pada 2024, Indonesia membutuhkan investasi infrastruktur sebesar USD 429,7 miliar atau sebesar 6,1 persen PDB pada periode 2020-2024.

"Jumlah ini meningkat 20 persen dibandingkan kebutuhan investasi infrastruktur sebesar USD 359,2 miliar pada 2015-2019," kata dia.

Dari total kebutuhan tersebut, pemerintah dan BUMN akan menyumbang masing-masing sebesar 11,6 persen-13,8 persen dan 7,6 persen-7,9 persen. Sementara sisanya akan dipenuhi oleh masyarakat atau swasta.

"Untuk mewujudkan kebutuhan tersebut, pemerintah mendorong peran sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) juga Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA)," tandas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Indonesia Open 2019: Siaran Langsung Hari Ini

Posted: 16 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Open 2019 telah resmi dibuka sejak Selasa (16/7/2019). Pada hari kedua, sejumlah atlet Indonesia akan kembali berjuang untuk menembus babak selanjutnya.

Ada enam wakil tuan rumah yang memastikan lolos ke babak kedua Indonesia Open 2019. Sementara 16 atlet Indonesia lainnya masih berusaha menembus babak tersebut.

Akan ada lima pertandingan yang bakal disiarkan langsung oleh televisi dalam Indonesia Open 2019 hari ini. Termasuk tunggal putra Tommy Sugiarto yang akan menantang Chen Long.

Sementara laga Indonesia Open 2019 lainnya mempertemukan ganda putra Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan yang akan melawan Marcus Ellis/ Chris Langridge.

Berikut jadwal Indonesia Open 2019 yang disiarkan langsung televisi selengkapnya:

 

Jadwal

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon saat tampil pada Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2019).. (Humas PP PBSI)

Rabu, 17 Juli 2019

11.45 WIB (Trans 7)

Tommy Sugiarto Vs Chen Long

Fajar Alfian/ Muhammad Rian Vs Liu Cheng/ Huang Kai Xiang

Tontowi Ahmad/ Winny Oktavina Vs Ashwini Ponnappa/ Satwiksairaj Rankireddy

Della Destiara/ Rizki Amelia Vs Zheng Yu/ Li Wen Mei

Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan Vs Marcus Ellis/ Chris Langridge

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Sehat, Deddy Dhukun Ingin Buat Konser

Posted: 16 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, muncul berita mengejutkan yang mengatakan Deddy Dhukun meninggal dunia. Berita tersebut menyebar lewat pesan singkat di grup-grup percakapan.

Terkait berita simpang siur tersebut, Deddy Dhukun pun langsung memberikan klarifikasi. Lewat sebuah video, Deddy Dhukun mengatakan bahwa hingga saat ini, dirinya bersyukur masih memiliki pendengaran dan penglihatan yang normal. Tidak seperti yang dikabarkan di media sosial.

"Alhamdulillah sampe sekarang saya masih diberi umur panjang, masih diberi kesehatan, penglihatan, pendengaran, dan seluruh tubuh saya alhamdulillah masih diberi sehat," tegas Deddy Dhukun, dalam video yang diterima tim Liputan6.com pada Selasa (16/7/2019).

 

Gelar Konser

Tribute to Dian Pramana Putra (Adrian Putra/Fimela.com)

Seakan menegaskan bahwa dirinya masih bugar, Deddy Dhukun pun mengatakan bahwa dirinya berencana menggelar konser. Ia dan 7 Bintang akan membuat konser pada November 2019 mendatang.

"Dan alhamdulillah dalam waktu dekat nanti insyaAllah, bulan November saya dan Tujuh Bintang serta bintang tamu Glenn Fredly dan kawan-kawan akan membuat konser. Semoga acara ini sukses dan doa saya sampe jumpa di acara tujuh bintang thanks saya Deddy Dhukun," tutup Deddy Dhukun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar Diperiksa KPK

Posted: 16 Jul 2019 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar. Emir dipanggil dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia.

"ESA (Emirsyah Satar) diperiksa sebagai tersangka suap di PT Garuda Indonesia," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (17/7/2019).

Emirsyah Satar memenuhi panggilan penyidik lembaga antirasuah. Dia tiba di gedung KPK sekitar pukul 10.10 WIB. Emirsyah langsung masuk ke dalam lobi gedung KPK. Tak lama berselang naik ke lantai 2 ruang pemeriksaan.

KPK sendiri memastikan proses penyidikan kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia segera usai. KPK berjanji sebelum masa tugas Agus Rahardjo cs berakhir, kasus Garuda ini sudah naik ke penuntutan.

"Proses penyidikan sudah mau selesai, nanti kami informasikan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 16 Juli 2019.

Emirsyah Satar dan pemilik PT Mugi Rekso Abadi Soetikno Soedarjo yang ditetapkan sebagai tersangka sejak Januari 2017 belum ditahan. KPK beralasan sulitnya merampungkan kasus ini lantaran ada beberapa bukti terdapat di luar negeri.

"Ada beberapa faktor ya, karena perkaranya lintas negara, jadi ada bukti-bukti yang ada di beberapa negara," kata Febri.

2 Tersangka

Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia yang juga tersangka dugaan suap pengadaan mesin Rolls-Royce PLC, Emirsyah Satar usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/4). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

KPK sebelumnya menetapkan dua tersangka terkait kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia.

Mereka adalah Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo yang merupakan Presiden Komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA). Emirsyah Satar dalam kasus ini diduga menerima suap Euro 1,2 juta dan USD 180 ribu atau senilai total Rp 20 miliar.

Ia juga diduga menerima barang senilai USD 2 juta yang tersebar di Singapura, Australia, dan Indonesia, dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce, dalam pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS pada periode 2005-2014 di PT Garuda Indonesia.

KPK menduga, pemberian suap itu dilakukan melalui seorang perantara Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner dari Connaught International Pte Ltd yang berlokasi di Singapura.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Brasil Tutup Paksa Pabrik Perakitan Mobil Ferrari dan Lamborghini Palsu

Posted: 16 Jul 2019 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Brasilia - Polisi Brasil   mengatakan pihaknya telah menutup paksa sebuah pabrik yang secara terselubung memproduksi banyak mobil sport palsu, terutama untuk merek Ferrari dan Lamborghini.

Turut ditangkap dalam penggerebekan hari Senin itu adalah seorang ayah dan putranya, yang diketahui merupakan otak di balik praktik pelanggaran hak cipta industri.

Dikutip dari USA Today pada Rabu (17/7/2019), pabrik abal-abal itu berbentuk bengkel yang berlokasi di wilayah selatan negara bagian Santa Catarina, Brasil.

Polisi mengatakan deretan monil sport palsu itu dijajakan di media sosial Brasil --dan juga beberapa negara sekitarnya-- dengan harga berkisar mulai dari US$ 40.000 hingga US$ 60.000, atau setara Rp 558 juta hingga Rp 837 juta.

"Itu kurang dari 50 persen harga pasaran terbaru Ferrari dan Lamborghini, bahkan masih lebih rendah dari harga purnajualnya," ujar salah seorang perwakilan polisi Brasil kepada wartawan.

 

Membuat Marah Produsen Aslinya di Italia

Lamborghini Aventador berbalut kristal Swarovski. (AFP/Motor1)

Polisi tidak megatakan jenis suku cadang seperti apa yang digunakan untuk merakit mobil sport palsu itu.

Tetapi, polisi Brasil mengunggah beberapa foto di media sosial, yang memperlihatkan sebagian mesin, desain kabin, logo, dan berbagai aksesori yang dihiasi dua merek otomotif kenamaan Italia tersebut.

Penggerebekan pada Senin itu langsung dikeluhkan produsen dua merek otomotif terkait di Italia, yang mengatakan tengah mempertimbangkan untuk menuntutnya secara jalur hukum.

Polisi menyita sebagian dari delapan unit mobil sport yang telah dirakit, dan mengatakan masih menyelidiki berapa banyak mobil sport palsu yang dibuat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Gagal Boyong Lovren, AC Milan Pantau Bek MU

Posted: 16 Jul 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Pergerakan AC Milan di tanah Inggris tidak hanya terhenti di nama bek Liverpool, Dejan Lovren, saja. Sang raksasa Serie A itu juga dikabarkan sedang memantau salah satu bek milik Manchester United, yakni Eric Bailly.

Seperti yang diketahui, AC Milan sedang mengalami krisis amunisi di sektor pertahanannya. Rentannya Mattia Caldara terhadap cedera membuat Alessio Romagnoli dan Mateo Musacchio harus saling bantu menjaga daerah pertahanan Rossoneri musim 2018-2019.

AC Milan pun sadar akan kelemahannya itu, dan langsung bergerak pada bursa transfer musim panas ini untuk menambalnya. Sasaran utama mereka saat ini adalah Dejan Lovren, bek berpengalaman asal Kroasia yang sedang terpinggirkan di Liverpool.

Namun kemungkinan mendapatkan Lovren terbilang cukup berat. Meski ada pemberitaan mengenai keinginannya hengkang dari Anfield, namun Jurgen Klopp disebut enggan melihatnya pergi. Maka dari itu, I Rossoneri harus segera mencari alternatif lainnya.

Baru-baru ini, Tuttosport menyebutkan sosok yang bisa menjadi opsi pengganti Lovren untuk AC Milan. Dia adalah Eric Bailly, bek yang saat ini sedang membela Manchester United. Pria asal Pantai Gading itu juga tengah kesulitan mendapatkan tempat di skuat inti.

Pada musim 2018-2019 kemarin, Bailly hanya mampu mengoleksi total 18 penampilan di semua kompetisi. Ia kalah saing dengan Chris Smalling serta Victor Lindelof dan bisa semakin tersingkir jika bek Timnas Inggris, Harry Maguire, benar-benar tiba di Old Trafford musim panas ini.

Korban Pertama

Bek Liverpool, Dejan Lovren juga masih menjadi pemain incaran AC Milan. (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Dibanding Lovren, upaya untuk mendapatkan Bailly relatif lebih mudah. Pemain berumur 25 tahun tersebut diyakini akan menjadi korban pertama sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer, yang ingin melakukan perombakan di sektor belakang The Red Devils.

Bailly didatangkan dari Villarreal pada tahun 2016 dengan bandrol yang terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 38 juta euro. Tapi Manchester United diprediksi tidak akan mematok harga Bailly di sekitaran angka segitu.

Kesempatan Terakhir

Pertimbangan terbesarnya adalah kontrak sang pemain yang akan berakhir pada tahun 2020 mendatang, atau di akhir musim depan. Kalau tak ingin melihatnya pergi dengan gratis, maka ini adalah kesempatan terakhir Manchester United untuk melepasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertemuan Jokowi-Prabowo Buat Kelompok Radikal Kehilangan Ruang

Posted: 16 Jul 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto dinilai membuat kelompok radikal tersudut.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo pada Sabtu, 13 Juli 2019 lalu itu menunjukan rasa persahabatan dan persaudaraan, tanpa membicarakan koalisi atupun bagi-bagi kursi.

Menurut Pengamat Politik Rafif Pamenang Imawan, pertemuan itu membuat kelompok radikal kehilangan ruang untuk menggalang dukungan.

"Kelompok anti demokrasi tersudut, usai pertemuan Jokowo-Prabowo," ucap Rafif saat dikonfirmasi, Rabu (17/7/2019).

Dia menuturkan, kelompok radikal selalu mencari celah dalam semua momen politik. Karenanya, momentum kelompok radikal mendapat dukungan sudah hilang usai Prabowo memutuskan bertemu dengan Jokowi.

"Sementara bagi blok kepentingan politik praktis seperti Gerindra sudah selesai masalah pemilu. Namun bagi organisasi radikal, momentumnya telah hilang," ungkap Raffi.

Raffi menyarankan adanya penguatan fungsi hubungan partai politik dengan organisasi masyarakat untuk mencegah eksistensi kelompok radikal di Indonesia. Menurutnya, ormas merupakan simpul dari agregasi politik dalam iklim demokrasi.

"Oleh karenanya perlu untuk memperkuat hubungan antara parpol dan ormas sehingga kanal agregasi politik dapat terkumpul di parpol. Dengan cara ini organisasi antidemokrasi dapat kehilangan ruang gerak," pungkasnya.

Waspada Provokasi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan, Polri sedang memantau akun-akun media sosial yang menyebarkan kalimat-kalimat provokatif terkait rekonsiliasi antara Presiden Jokowi dengan Prabowo Subianto. Menurut dia, jumlahnya lumayan banyak.

"Di media sosial masih banyak narasi-narasi yang disebarkan oleh akun-akun tertentu dan kini sedang kami mapping. Akun-akun tersebut, kita sudah lihat beberapa kali," kata Dedi di Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, (15/7/2019).

Dedi mengatakan, pihaknya menemukan beberapa tagar-tagar di media sosial twitter yang menyuarakan ketidaksetujuannya dengan rekonsiliasi. Pun demikian di youtube atau facebook.

"Kita juga masih menemukan foto-foto dan, video provokasi," ucap dia.

Saat ini, Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri sedang mendalami akun yang provokatif terhadap rekonsiliasi tersebut. Tak menutup kemungkinan akan dilakukan penegakan hukum.

"Kami sedang dalami. Apakah perbuatan dari pemilik akun tersebut memenuhi unsur pidana atau tidak," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: