Sabtu, 27 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Striker Real Madrid Bersiap Pindah ke Levante

Posted: 27 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid kembali akan meminjamkan Borja Mayoral musim ini. Los Blancos merelakan Mayoral pindah ke klub La Liga lainnya, Levante.

Diario AS melaporkan Levante akan mengontrak Mayoral dengan status pinjaman selama satu musim dari Real Madrid. Kesepakatan ini tanpa disertai opsi pembelian.

Pemain berusia 22 tahun itu dipinjamkan ke klub yang bermarkas di Valencia itu, setelah dinilai gagal menampilkan performa terbaik. Ia hanya mencetak tiga gol dari 29 penampilan dalam kampanye terakhir La Liga.

Levante sudah menyatakan ketertarikannya, meski tampaknya ia ingin bergabung dengan Real Sociedad. Tapi, klub itu dikatakan lebih suka dengan kesepakatan permanen meski tidak siap untuk membayar harganya yang diminta sebesar 15 juta euro.

"Saya bahkan tidak tahu itu," kata Borja kepada Cadena Ser bulan lalu, ketika ditanya tentang di mana dia akan bermain sepak bola musim depan.

"Saat ini, saya fokus pada Kejuaraan Eropa (U-21) dan kami akan melihat setelah itu. Saya bertaruh bahwa saya akan meninggalkan Real Madrid. Real Sociedad ada di daftar teratas," katanya saat itu.

Bakat Hebat

Borja Mayoral ( OSCAR DEL POZO / AFP)

Mayoral sebelumnya menghabiskan satu musim dengan status pinjaman di klub Jerman Wolfsburg. Tapi total ia hanya mencetak delapan gol liga dalam tiga musim terakhir.

Real Madrid sebenarnya dinilai gagal memanfaatkan bakat hebat yang dimiliki Mayoral. Pemain ini sebenarnya bisa menjadi solusi bagi Zinedine Zidane untuk mengatasi keringnya gol Karim Benzema. Itu bisa dilihat dari statistik. Masalahnya, sang pemain menyatakan siap hengkang.

Catatan Penampilan

Seperti dilansir Marca, Mayoral sudah mencetak enam gol untuk Real Madrid. Padahal, dia bahkan belum bermain sebanyak 1.000 menit.

Dia memang sudah tampil sebanyak 21 kali untuk Real Madrid. Namun jumlah menitnya belum mencapai 1.000.

Mayoral biasanya mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama Real Madrid di Piala Raja atau Copa del Rey. Di kejuaraan ini, striker asal Spanyol ini mencetak tiga gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sengketa Biodiesel RI dengan Uni Eropa Bakal Berujung di WTO

Posted: 27 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Uni Eropa resmi memberlakukan pengenaan bea masuk untuk biodiesel asal Indonesia sebesar 8-18 persen. Kebijakan itu akan berlaku secara provisional (sementara) per 6 September 2019, dan ditetapkan secara definitif per 4 Januari 2020 dengan masa berlaku selama 5 tahun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memperkirakan sengketa mengenai penerapan bea masuk terhadap biodiesel tersebut akan berujung ke meja World Trade Organization (WTO).

"Pasti ujungnya kalau mereka sudah mulai kan enggak bisa dibiarkan gitu aja, pasti ujungnya ya ke WTO. Kami tentu akan mendengar apa yang mereka tuduhkan, kami jawab, diskusi dan berunding," kata dia saat ditemui di kantornya, Minggu (28/7).

Darmin mengungkapkan alasan Eropa selalu mendiskriminasi produk olahan atau turunan dari kelapa sawit sebab secara kualitas lebih unggul dibandingkan minyak nabati Eropa. Selain itu, produk sawit memiliki harga yang lebih kompetitif, produk olahan kelapa sawit milik Indonesia juga jumlahnya berlimpah.

Biodiesel Indonesia dikenai bea masuk karena Uni Eropa menuding Indonesia menerapkan praktik subsidi untuk produk bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) itu. Pengenaan tarif impor ini merupakan buntut dari sengketa biodiesel antara Indonesia dan UE selama 7 tahun terakhir. Adapun, bea masuk tersebut akan diberlakukan untuk biodiesel produksi Ciliandra Perkasa sebesar 8 persen, Wilmar Group 15,7 persen, Musim Mas Group 16,3 persen, dan Permata Group sebesar 18 persen.

 

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Sikap Tegas Indonesia

Ilustrasi CPO 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Sebelumnya, Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Pradnyawati menyatakan, Pemerintah RI harus tegas terhadap sikap UE yang telah memberikan hambatan perdagangan yang signifikan pada ekspor biodiesel Indonesia.

"Kami akan menyampaikan respons tegas secara resmi untuk hal ini. Bila proposal ini menjadi penentuan awal, maka bisa dipastikan ekspor biodiesel ke Uni Eropa mengalami hambatan," seru dia saat sesi konferensi pers di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (26/7).

Menurut data Kemendag, ekspor biodiesel Indonesia ke Uni Eropa meningkat tajam dari USD 116,7 juta pada 2017 menjadi USD 532,5 juta pada 2018. Namun, pada 2019 ini, tren ekspor biodiesel Indonesia ke tanah Eropa cenderung turun bila dibanding tahun sebelumnya.

Dia melanjutkan, proposal tersebut sebenarnya merupakan ancaman kesekian kalinya yang dilakukan Uni Eropa untuk menghambat akses pasar produk Indonesia di tanah Edipa. Pada Desember 2018, European Commission (EC) menginisiasi penyelidikan antisubsidi terhadap biodiesel asal Indonesia.

"Indonesia diklaim memberikan suatu bentuk fasilitas subsidi yang meIanggar ketentuan WTO (World Trade Organization) kepada eksportir biodiesel, sehingga memengaruhi harga ekspor biodiesel ke Uni Eropa," ungkap dia.

 

Petani Sebut Pungutan Ekspor CPO Hanya Untungkan Produsen Biodiesel

Ilustrasi Perkebunan Sawit (iStockphoto)​

Petani kelapa sawit menilai pungutan ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang selama ini diberlakukan hanya untuk kepentingan industri biodiesel. Pasalnya, hampir 99 persen dari dana tersebut diperuntukkan untuk insentif program campuran solar dengan CPO yang saat ini sebesar 20 persen (B20).

Sekretaris Jenderal Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Mansuetus Darto menyatakan, sebenarnya para petani mengapresiasi inisiatif pemerintah yang membentuk Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) pada 2015. Badan salah satunya bertugas untuk mengumpulkan dana pungutan ekspor CPO.

"Namun hingga saat ini tidak memberikan rasa manfaat bagi kurang lebih lebih 12 juta keluarga petani kelapa sawit," ujar dia di Jakarta, Jumat (28/6/2019).  

Dia menyatakan, begitu juga dengan dana pungutan ekspor CPO yang dirasa sangat minim memberikan manfaat bagi para petani kepala sawit. Dana tersebut justru lebih banyak digunakan untuk kepentingan industri biodiesel dalam rangka mendukung program B20.

Dari total dana pungutan yang terkumpul sebanyak Rp 43 triliun sejak 2015, dialokasikan untuk insentif yang diterima oleh produsen biodiesel sekitar Rp 38,7 triliun dalam periode 2015-2019 atau rata-rata insentif mencapai Rp 7-8 triliun per tahun.

Sementara yang disalurkan untuk bantuan petani melalui dana replanting hanya sekitar Rp 702 miliar sampai dengan tahun 2018 atau sekitar 1,6 persen.

"Karena itu, dapat dikatakan pengunaan dana sawit selama ini alokasinya salah kaprah karena hanya untuk kepentingan industri biodiesel. Alasan industri untuk pasar baru dan stabilisasi harga hanya akal-akalan saja," tandas dia.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Alasan Orang Jatuh Cinta pada Aquarius, Termasuk Anda?

Posted: 27 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini mereka yang lahir 20 Januari hingga 18 Februari dikenal berzodiak Aquarius. Selama ini, Mereka yang berzodiak Aquarius berzodiak dikenal sebagai pribadi yang terbuka dan apa adanya. Namun, untuk urusan pribadi, mereka cukup tertutup.

Aquarius menjadi salah satu zodiak yang begitu unik dan menarik. Meski  tak banyak menonjolkan kemampuannya di hadapan orang lain, Aquarius selalu berhasil membuat orang jatuh cinta padanya.  Dirangkum dari Fimela.com, berikut 5 alasannya.

Dermawan

Aquarius merupakan pribadi yang dermawan. Ia tak pernah pelit pada orang-orang yang membutuhkan di sekitarnya. Ia merupakan pribadi yang sangat tulus saat beramal.

Setia

Selain sebagai pribadi yang dermawan, Aquarius juga merupakan pribadi yang sangat setia. Ia sangat setia terhadap orang-orang yang disayangi dan dicintai termasuk keluarga, pasangan, dan sahabat. Sepertinya, tak ada pribadi yang lebih setia dibandingkan dengan Aquarius.

 

Cerdas

Cara agar akhir pekan Anda menarik dan tidak lagi bosan

Aquarius merupakan pribadi yang cerdas. Ia memiliki banyak ide cemerlang dan mengesankan. Ia juga memikirkan masa depan dengan sangat baik sehingga kemungkinan besar ia akan memiliki masa depan cerah.

Rasa Ingin Tahunya Tinggi

Aquarius memiliki rasa ingin tahu yang besar bahkan menggebu-gebu. Untuk mengetahui sesuatu, pemilik zodiak ini akan mempelajari bahkan mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan. Jika ia penasaran dengan seseorang terutama pasangannya, ia akan sangat perhatian, pengertian, dan memahami pasangan dengan baik.

Tak Suka Aneh-Aneh

Zodiak ini merupakan  pribadi yang sangat simpel dan tak suka aneh-aneh atau mengada-ada, apa adanya. Meski begitu, Aquarius selalu tahu bagaimana cara mengesankan dan mengagumkan di hadapan banyak orang di mana pun dan kapan pun ia berada. Ketika menikah, mereka juga termasuk pasangan yang super romantis. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ariel NOAH Tolak Saweran Dolar dari BCL

Posted: 27 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bunga Citra Lestari dibuat terkejut oleh Ariel NOAH. Pelantun lagu "Cinta Sejati" ini keheranan saat dihampiri Ariel NOAH di belakang panggung ketika tampil di sebuah acara.

Mengenakan kaos hitam, Ariel NOAH mendatangi wanita yang akrab disapa BCL itusembari menenteng sebuah gitar. "Ini ngapain bawa gitar?" tanya BCL dikutip dari Youtube IT'S ME BCL, Sabtu 27 Juli 2019. "Ngamen," jawab Ariel singkat.

Tingkah laku Ariel NOAH itu cukup membuat BCL heran karena posisinya di band NOAH adalah seorang vokalis. Ariel langsung beraksi memainkan sinar gitarnya dan memainkan sebuah lagu untuk BCL. Mendengar nyanyian tersebut, istri Asraf Sinclair itu langsung menari seraya menggoda Ariel NOAH layaknya aksi seorang pengamen.

"Berapa, berapaan?," kata BCL sembari mengeluarkan dompetnya. "Tidak bisa dibayar pakai uang," jawab Ariel.

Pakai Perasaan

(Adrian Putra/Fimela.com)

Ucapan Ariel itu membuat BCL spontan mengeluarkan dompetnya. Bukan rupiah, ibu satu anak itu mengeluarkan uang dalam satuan dolar Amerika Serikat yang ia miliki. "Dolar, seratus dolar?," tanya BCL.

Saat dibayar dengan dolar, mantan kekasih Luna Maya ini justru meminta BCL membayar dengan perasaannya. "Bayar pakai perasaan saja," jawab Ariel. "Pakai perasaan," teriak BCL

"Tidak mau loh dikasih seratus dollar, orang kaya banget deh," tuturnya. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Demam, Gejala, dan Cara Pengobatannya yang Perlu Diketahui

Posted: 27 Jul 2019 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demam merupakan sebuah kondisi yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Keadaan ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis, sehingga cara untuk mengatasinya juga sangat bervariasi. 

Seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya lebih dari 38°C. Kondisi ini bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala dari penyakit yang mendasari. Kondisi ini dianggap sebagai bagian penting dari pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Penyebab demam bisa beragam karena merupakan cara tubuh melawan infeksi. Siapapun bisa mengalami demam dalam hidupnya. Meskipun terkadang mengkhawatirkan, demam yang tinggi tidak selalu menandakan bahwa kamu menderita suatu penyakit yang serius.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/7/2019) tentang penyebab demam

Penyebab Demam

Penyebab Demam (Phovoir/Shutterstock)

Penyebab demam bisa beragam seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut beberapa penyebab demam:

1. Dehidrasi

Penyebab demam pertama adalah dehidrasi alias kekurangan cairan. Kondisi ini sering ditemui pada bayi dan anak, meski tak menutup kemungkinan untuk terjadi pada orang dewasa juga.

Untuk mengatasi penyebab demam satu ini, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari. Selain itu, pada bayi dan balita, mengonsumsi ASI dalam jumlah cukup merupakan suatu kewajiban untuk menghindari demam.

2. Alergi

Alergi juga merupakan salah satu penyebab demam. Saat alergi kambuh, penderita dapat mengalami berbagai keluhan seperti demam, gatal, hidung berair dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Untuk mengatasi demam akibat alergi, penderita wajib menghindari faktor pencetus (alergen). Pada kasus yang berat, penderita perlu mengonsumsi antihistamin atau steroid yang diberikan oleh dokter.

3. Cedera tulang

Penyebab demam berikutnya adalah cedera tulang dan penyakit sendi. Seorang yang mengalami patah tulang dapat mengalami berbagai keluhan, seperti bagian tubuh yang cedera menjadi panas, membengkak dan sulit digerakkan.

Selain itu, penyakit rheumatoid atau penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada sendi, jaringan di sekitar sendi dan organ lain dalam tubuh manusia juga bisa menyebabkan demam.

Pada keadaan ini, tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah kompres dingin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi nyeri di daerah yang cedera. Setelah itu, pemasangan bidai pada daerah yang terlibat juga dapat dilakukan untuk mengurangi pergerakan bagian tubuh yang cedera.

4. Infeksi virus

Infeksi virus sering kali menjadi salah satu penyebab demam dan meriang. Biasanya, seseorang yang mengalami kondisi ini juga akan mengeluhkan gejala lain seperti nyeri otot, pilek dan diare. Infeksi virus yang biasanya menjadi penyebab demam adalah flu, sakit tenggorokan, cacar air atau pneumonia.

Pada kasus ini, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab demam adalah dengan bed rest dan minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Sedangkan, sebagai langkah pencegahan infeksi lanjutan, penerapan gaya hidup sehat harus segera dilakukan.

5. Penyebab Demam Lainnya

Sebagai reaksi tubuh yang umum karena infeksi atau penyakit, demam juga bisa disebabkan hal lainnya seperti efek samping dari beberapa obat, paparan sinar matahari berlebihan, stroke panas, keracunan makanan, gangguan hormon seperti penyakit tiroid yang terlalu aktif, tumbuh gigi – pertumbuhan gigi bayi dan anak-anak kecil.

Gejala Demam

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala yang seringkali menyertai penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan, seperti misalnya flu atau pilek.

Maka dari itu, demam akan menghilang dengan sendirinya saat penyakit yang mendasarinya sembuh. Tapi untuk mengobati demam yang lebih parah, beberapa obat-obatan penurun panas bisa dibeli secara bebas di apotek. Namun kamu wajib baca aturan pakai dan ikuti dosis yang dianjurkan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Demam yang seringkali dijumpai pada kasus infeksi anak-anak seringkali tidak berbahaya. Bahkan, demam merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi tersebut.

Gejala yang menyertai demam tergantung kepada penyebab demam itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya menyertai demam:

  1. Sakit kepala
  2. Berkeringat dingin
  3. Menggigil
  4. Batuk-batuk
  5. Sakit tenggorokan
  6. Diare dan muntah
  7. Sakit otot
  8. Kelelahan
  9. Kehilangan selera makan

Cara Mencegah Demam

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah demam atau dampak selanjutnya dari demam:

  1. Selalu konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang
  2. Cukup istirahat, yaitu tidur malam selama 8 jam
  3. Olahraga secara rutin dan teratur, minimal 30 menit sehari, sebanyak 3 kali seminggu
  4. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit
  5. Perbanyak konsumsi air putih

Pengobatan Demam

Ilustrasi demam (iStockphoto)

Biasanya demam yang ringan atau dengan suhu yang tidak terlalu tinggi tidak membutuhkan pengobatan yang merepotkan. Kamu juga bisa membeli obat penurun demam yang ada di toko obat atau apotek untuk menurunkan demam. Namun bila suhut tubuh semakin tinggi dan tidak membaik dalam tiga hari, segera periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi badanmu.

Berikut obat demam yang disebabkan oleh infeksi:

Parasetamol dan ibuprofen. Orang yang mengalami demam bisa merasa tidak nyaman. Minum obat sesuai dosis dan aturan pakai atau sesuai anjuran dokter. Penggunaan parasetamol dalam jumlah banyak dan jangka panjang bisa merusak hati atau ginjal. Kedua obat ini bisa dibelu langsung di apotek.

Aspirin. Obat ini khusus untuk orang dewasa. Jangan diberikan pada anak-anak. Obat ini bisa memicu terjadinya sindrom Reye, yaitu penyakit yang bisa memengaruhi otak dan juga hati. Aspirin dapat dibeli tanpa memerlukan resep dokter.

Antibiotik. Obat ini diberikan sesuai resep dari dokter jika terdapat kecurigaan adanya infeksi bakteri yang menyebabkan demam, misalnya pneumonia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lulusan UI Tolak Gaji 8 juta, Ini Cerita Dian Sastrowardoyo Soal Gaji Pertamanya

Posted: 27 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, media sosial ramai memperbincangkan soal curhatan seorang fresh graduate Universitas Indonesia yang merasa keberatan mendapat tawaran gaji Rp 8 juta. Curhatan tersebut langsung viral hingga tagar #gaji8juta bertengger cukup lama memuncaki trending topic Twitter Indonesia. 

Sontak tagar tersebut pun menyedot perhatian publik, tak terkecuali aktris Dian Sastrowardoyo. Sebagai sesama alumni UI, Dian Sastrowardoyo pun tak mau ketinggalan memberikan opininya terkait topik yang sedang hangat dibicarakan.

Lewat Instagram Stories, ibu dua anak itu membeberkan besaran gaji yang diterimanya selepas lulus menjadi sarjana Universitas Indonesia. Saat itu, Dian Sastro sempat bekerja di sebuah perusahaan. Tepatnya pada tahun 2008, Dian Sastro mengungkapkan bahwa ia digaji di bawah Rp 8 juta dari pekerjaan pertamanya.

"Zamannya gw ngantor fresh graduate dulu, gw gaji pertama di bawah 8 juta. Tapi itu dulu ya tahun 2008. 11 tahun yang lalu," Tulis Dian Sastrowardoyo dalam Instagram Stories yang ia unggah pada Kamis (25/7/2019).

Mengajak orang-orang untuk bersyukur

Dian Sastrowardoyo (Sumber: Instagram/therealdisastr)

Dalam Instagram Stories-nya, Dian Sastro mengaku tetap bersyukur meski tak mendapat gaji yang besar. Menurutnya, pengalaman dan ilmu yang Ia dapat dari pekerjaannya tak bisa diukur dengan materi.

"Tapi asli, kesempatan belajar itu gak bisa divaluasi dengan nilai uang. Karena yang ngerasain elo sendiri. Dude, zaman lagi susah. Dapet kerjaan aja sudah alhamdulillah," Imbuh Dian Sastrowardoyo.

Lebih lanjut, istri dari Maulana Indraguna Sutowo itu juga secara tak langsung menyindir pola pikir lulusan UI yang mengeluh karena gaji Rp 8 juta. Bagi Dian Sastro, di zaman yang penuh persaingan seperti sekarang ini, bersyukur menjadi kunci utama untuk terus bisa maju menjalani kehidupan.

"People are getting laid of everyday now. Enggak ngaruh loe lulusan mana. Gue juga #LulusanUI tapi biasa aja kalee," Pungkas Dian Sastro seperti dikutip Liputan6.com dari akun Instagram pribadinya, Minggu (28/7/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ceramah, Kiwil Minta Masyarakat Tak Jadikan Artis sebagai Idola

Posted: 27 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kiwil tak cuma piawai mengocok perut penonton melalui aksinya melawak di televisi. Di luar profesinya sebagai komedian, pria bernama asli Wildan Delta juga pandai berdakwah.

Hal tersebut terlihat saat Kiwil bersilaturahmi dengan majelis taklim dan guru mengaji bersama Persaudaraan Mubaligh Muballigah Indonesia (PMMI) di kawasan Jakarta Timur, baru-baru ini.

Di acara tersebut, Kiwil sempat menyampaikan beberapa nasihat agama melalui ceramah singkat. "Bukan ceramah sih, lebih ke sharing wawasan tentang keagaaman," kata Kiwil.

Di hadapan guru ngaji dan pimpinan majelis taklim, Kiwil kembali mengingatkan semua orang untuk selalu dekat dengan agama.

Tak Idolakan Artis

Kiwil bersilaturahmi dengan majelis taklim dan guru mengaji bersama Persaudaraan Mubaligh Muballigah Indonesia (PMMI) (Liputan6.com/ Hernowo Anggie)

"Bagaimana kita melihat saat ini masyarakat banyak yang mengidolai artis sebagai panutan, sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari. Padahal artis juga manusia biasa," Kiwil menambahkan.

Kiwil bicara mengenai hal tersebut karena kecewa dengan fenomena artis menggunakan narkoba. "Kawan saya Mbak Nunung pun sekarang (terkena kasus) narkoba. Saya pun juga dulu jauh dari agama," Kiwil menerangkan.

 

Idolakan Nabi Muhammad SAW

Kiwil (Liputan6.com/ Hernowo Anggie)

Ia meminta agar masyarakat mencari figur yang sesuai untuk dijadikan idola. Ia mencontohkan dirinya sendiri yang saat ini lebih memilih mengikuti cara yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

"Kiwil sekarang idolanya Rasulullah saja deh. Dengan begitu kita bisa mawas diri karena mengikuti anjuran dan contoh yang benar," dia memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Calon Haji Saniah Sarkosi dari JKS-64 Telah Dimakamkan di Jeddah

Posted: 27 Jul 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia di pesawat dalam perjalanan ke Tanah Suci, Saniah Sarkosi telah dimakamkan pada Minggu (28/7/2019) pagi Waktu Arab Saudi (WAS). Almarhumah dikuburkan di kompleks Cemetery Al Rahma, yang berada di tengah kota Jeddah.

Sebelum dimakamkan, jenazah Saniah disalatkan di Masjid Ummu Abdurrahman yang berada persis di sebelah kompleks pemakaman. Tampak ratusan jemaah salat subuh, baik warga lokal maupun petugas haji Indonesia mensalati jenazah.

Setelah itu, pekerja pemakaman langsung membawa jenazah jamaah haji dari kelompok terbang (kloter) 64 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) tersebut menuju tempat pemakaman.

Pemakaman berlangsung sangat cepat. Tak lebih dari setengah jam untuk menyelesaikan prosesi penguburan. "Almarhumah dimakamkan di lorong 12 nomor 4," kata Muhammad Syafii Hasyim, staf bagian penanganan haji dan umrah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) usai pemakaman, Minggu (28/7/2019) pagi.

Seperti diketahui, Saniah Sarkosi wafat dalam pesawat yang membawanya ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Ini diungkapkan Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Karmidjono Pontjo di Jeddah, Sabtu (27/7/2019). "Meninggal di pesawat karena serangan jantung," ujar dia. 

Dengan demikian, jumlah jemaah haji yang menghembuskan nafas terakhir saat dalam pesawat sebanyak 4 orang. Masing-masing Sumiyatun Sowikromo Sutardjan (SOC 2), Artapiah Armin Musahab (JKG 8), Supardjo Rata Ilyas (JKS 41), dan Saniah Sarkosi (JKS 64).

25 Wafat, Jemaah Haji di Arab Saudi Capai 156.505 Orang

Pemakaman jemaah haji Indonesia. Darmawan/MCH

Sebanyak 156.505 jemaah haji telah berada di Arab Saudi.  Jemaah haji tersebut berasal dari 388 kelompok terbang (kloter) dari seluruh embarkasi di Indonesia. 25 jemaah diantaranya telah menghembuskan napas terakhir.

Demikian mengutip data Sistem Informasi dan Komputerisasi Data Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Sabtu (28/7/2019), pukul 07.09 waktu Arab Saudi (WAS).

"Total jumlah kloter yang akan diberangkatkan pada musim haji 1440H/2019M ini berjumlah 529 kloter. Ini sudah termasuk tambahan kuota 10ribu jemaah," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Makkah Nurhanudin, Sabtu (27/7/2019).

Sementara jemaah haji yang berada di Makkah sebanyak 358 kloter. Ini terdiri dari 151 kloter dari Jeddah, dan 207 kloter dari Madinah. Dengan jumlah total sebanyak 146.274 jemaah.

"Sisanya merupakan jemaah haji gelombang I yang saat ini masih berada di Madinah untuk menyelesaikan sunah Arbain," tutur Nurhan.

Adapun berdasarkan data, hingga hari ke-22 operasional haji, ada 25 jemaah wafat. Berikut rinciannya:

  1. Khairil Abbas Salim (BTH 23), usia 62 tahun, wafat pada 8 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  2. Sumiyatun Sowikromo Sutardjan (SOC 2), usia 57 tahun, wafat pada 8 Juli 2019 di pesawat menuju bandara Madinah;
  3. Mudjahid Damanhuri Mangun (SOC 44), usia 74 tahun, wafat pada 9 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  4. Subli bin Muhammad Nasri (BTH 32), usia 61 tahun, wafat pada 11 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  5. Artapiah Armin Musahab (JKG 86), usia 60 tahun, wafat pada 12 Juli 2019 di pesawat menuju bandara Madinah;
  6. Soeratno G Mangun Wiyoto (SUB 45), usia 74 tahun, wafat pada 15 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  7. Ahmad Suparman bin Jubed (JKS 001), usia 53 tahun, wafat pada 17 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  8. Rabiun bin Daliman Arsyad (LOP 006), usia 54 tahun, wafat pada 18 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  9. Supardjo bun Rata Ilyas (JKS 041), usia 76 tahun, wafat pada 20 Juli 2019 di pesawat menuju Bandara Jeddah;
  10. Ahmad Dimyati bin KH Ruhbi (JKS 018), usia 56 tahun, wafat pada 21 Juli 2019 di RSAS Makkah;
  11. Sapan bin Tumanga Loga (UPG 014), usia 69 tahun, wafat pada 21 Juli 2019 di Pemondokan Makkah;
  12. Nasikin bin Sinwan Abdul Salam (SOC 040), usia 63 tahun, wafat pada 21 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  13. Muh. Rum bin Rasim Batubara (MES 005), usia 65 tahun, wafat pada 21 Juli 2019 di Pemondokan Madinah;
  14. Hamna binti Nawi Finan (JKG 011), usia 69 tahun, wafat pada 22 Juli 2019, di RSAS Madinah;
  15. Suhari Abu Bin Subari (PDG 014), usia 88 tahun, wafat pada 22 Juli 2019, di RSAS Madinah;
  16. Sirojudin bin Hasan Hamidah (LOP 002), usia 79 tahun, wafat pada 23 Juli 2019 di RSAS Makkah;
  17. Sutrisno bin Suratman Ahmad (SOC 043), usia 54 tahun, wafat pada 23 Juli 2019 di RSAS Makkah;
  18. Rahmat bin Noyan Nasution (MES 006), usia 65 tahun, wafat pada 24 Juli 2019 di Pemondokan Madinah;
  19. Tatik Rahayu Maskat (SOC 59), usia 54 tahun, wafat 25 Juli 2019 di Masjid Makkah;
  20. Fatma Thalib Arilaha (UPG 7), usia 71 tahun, wafat 25 Juli 2019 di RSAS Makkah;
  21. Amin Sutikno Ahmad Karjo (SUB 02), usia 76 tahun, wafat 26 Juli 2019, di RSAS Madinah;
  22. Saleh Saelani Karnadi (SUB 22), usia 84 tahun, wafat 26 Juli 2019, di RSAS Makkah;
  23. Odah Juhe Juhanta (JKS 03), usia 75 tahun, wafat 26 Juli 2019, di Pemondokan Makkah; dan
  24. Saniah Sarkosi Atma (JKS 64), usia 68 tahun, wafat 27 Juli 2019 di pesawat yang mendarat pada bandara Jeddah.
  25. Jamaluddin Bandarik Abdullah dari Kloter Medan 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Hamil, Ini 7 Potret Gista Putri Istri Wishnutama yang Cantik dan Memesona

Posted: 27 Jul 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Wishnutama dan Gista Putri tengah berbahagia. Pasalnya sang Istri, Gista tengah mengandung anak pertama. Ya, Gista dikabarkan tengah hamil. 

Berita kehamilan Gista Putri mulai sampai ke publik setelah Wishnutama menggunggah foto di media Instagram pada Sabtu (27/7/2019). Wishnutama mengunggah momen kebersamaan dirinya bersama sang istri dan tiga anaknya.

Dari unggahan tersebut, barulah diketahui Gista sedang berbadan dua ketika ada seorang pengguna Instagram memanggil Gista dengan sebutan 'bumil' atau ibu hamil. Gista pun membalas komentar tersebut yang menandakan bahwa dirinya memang sedang mengandung.

"Makan y banyak bumil," komentar akun @surtiningsih_k.

"Iyaa ibuu," balas Gista Putri.

Kabar kehamilan Gista ini tentu menjadi kabar baik. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @gistaputri dan @wishnutama tentang potret cantik istri Wishnutama, Gista Putri, Minggu (28/7/2019). 

 

1. Punya nama lengkap Gista Putri. Perempuan kelahiran Jakarta, 2 Agustus 1987.

Positif Hamil, Ini 7 Potret Gista Putri Istri Wishnutama yang Cantik dan Memesona (sumber: Instagram.com/gistaputri)

2. Gista memiliki gelar sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universtitas Trisakti Jakarta.

Positif Hamil, Ini 7 Potret Gista Putri Istri Wishnutama yang Cantik dan Memesona (sumber: Instagram.com/gistaputri)

3. Gista mengawali karier di dunia entertain saat bermain film di Simfoni Luar Biasa tahun 2011.

Positif Hamil, Ini 7 Potret Gista Putri Istri Wishnutama yang Cantik dan Memesona (sumber: Instagram.com/gistaputri)

4. Karier Gista kian melejit ketika ia membintangi banyak judul FTV dan menjadi presenter di stasiun televisi swasta.

Positif Hamil, Ini 7 Potret Gista Putri Istri Wishnutama yang Cantik dan Memesona (sumber: Instagram.com/gistaputri)

5. Perempuan berusia 31 tahun tersebut menikah dengan Wishnutama pada 20 September 2019.

Positif Hamil, Ini 7 Potret Gista Putri Istri Wishnutama yang Cantik dan Memesona (sumber: Instagram.com/gistaputri)

6. Setelah hampir 4 tahun menikah, Gista akhirnya dianugerahi hamil anak pertama.

Positif Hamil, Ini 7 Potret Gista Putri Istri Wishnutama yang Cantik dan Memesona (sumber: Instagram.com/gistaputri)

7. Wishnutama memiliki empat orang anak. Empat orang anak tersebut sangat dekat dengan ibu tiri mereka, Gista Putri.

Positif Hamil, Ini 7 Potret Gista Putri Istri Wishnutama yang Cantik dan Memesona (sumber: Instagram.com/wishnutama)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP MPR Sebut Stabilitas Politik Jadi Momentum Perubahan UUD NRI Tahun 1945

Posted: 27 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda Dalam perjalanan sejarah dan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia hingga kini, UUD 1945 yang kemudian menjadi UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara memiliki posisi yang sangat penting dengan muatan dalam konstitusi yang senantiasa berkembang seiring tuntutan peradaban manusia dan jaman.

Walaupun wajah konstitusi Indonesia telah mengalami perkembangan dengan perubahan-perubahan yang mengikuti perkembangan serta tuntutan peradaban jaman, namun peradaban, tuntutan serta kebutuhan terus berkembang dan terus bermetamorfosis.

Konsitusi Indonesia mesti mengiringinya dengan perubahan-perubahan selanjutnya, sebab bangsa ini memiliki komitmen untuk menjadikan konstitusi negara berlaku dari masa ke masa sebagai konstitusi yang hidup (The Living Constitution). Namun, tentu saja perubahan konstitusi negara tidak serta merta dilakukan. Mesti ada momentum yang ideal dan pas untuk melakukan perubahan kembali.

Hal tersebut muncul dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema "Perubahan UUD NRI Tahun 1945: Haruskah Menunggu Momentum?", di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (27/7/2019), kerjasama Badan Pengkajian MPR RI dengan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman Samarinda yang dihadiri Ketua Badan Pengkajian (BP) MPR Dr. Delis Julkarson Hehi, para Wakil Ketua BP MPR Prof. Hendrawan Supratikno dan Martin Hutabarat serta anggota BP MPR Marwan Cik Asan.

 

Delis Julkarson Hehi menjelaskan bahwa perubahan UUD NRI Tahun 1945 memang harus menunggu momentum. Perubahan tidak serta merta dilakukan, harus menunggu persetujuan mayoritas di MPR.

"Tapi, saya lihat saat ini momentum yang sangat tepat. Sebab peta politik saat ini cenderung lebih stabil. Beberapa faktor mempengaruhi kestabilan tersebut salah satunya bertemunya Joko Widodo dan Prabowo Subianto dan pertemuan Prabowo dengan Ibu Megawati," katanya.

Ketika kondisi negara cenderung stabil, lanjut Delis, maka inilah momen yang tepat untuk melakukan perubahan karena semua bisa berpikir lebih jernih untuk kepentingan yang lebih besar bukan hanya berikir untuk kepentingan parpol atau kelompok semata.

"Mengenai agenda perubahan nanti, semangat yang saya tangkap adalah amandemen terbatas dengan menghadirkan kembali GBHN. Menghadirkan kembali GBHN tentu saja terkait dengan kewenangan MPR dan arahnya adalah penguatan kewenangan MPR," tambahnya.

Martin Hutabarat juga mengungkapkan hal yang sama bahwa saat ini, di saat situasi politik tidak tajam lagi cenderung stabil maka inilah momentum paling memungkinkan untuk melakukan perubahan UUD NRI Tahun 1945.

"Mengenai agenda perubahan adalah kemungkinan perubahan terbatas tidak meluas kemana-mana hanya soal GBHN dan beberapa poin-poin tertentu seperti soal DPR tidak perlu harus memberi persetujuan terhadap calon-calon duta besar, lalu DPR tidak perlu harus menentukan Panglima TNI dan Kapolri sebab itu bagian dari eksekutif," ujarnya.

Prof. Hendrawan Supratikno juga sangat tegas mengatakan bahwa perubahan UUD NRI Tahun 1945 demi sistem ketatanegaraan yang lebih baik ke depan, perlu dilakukan dan harus dengan momentum yang tepat untuk pelaksanannya.

"Definitely, strongly yes bahwa perubahan mesti menunggu momentum yang tepat dan kestabilan politik adalah salah satu faktor munculnya momen tersebut," imbuhnya.

Hendrawan juga menyampaikan bahwa ada faktor yang sangat penting agar pelaksanaan perubahan sukses salah satunya adalah dengan komposisi Pimpinan serta anggota MPR periode 2019-2024 yang seluruhnya memiliki tekad, visi yang sama dalam hal perubahan serta agenda-agendanya.

"Kita berharap kepada Pimpinan dan angota MPR periode 2019-2024 nanti, intinya semuanya kembali kepada rakyat dan demi kejayaan bangsa dan negara," tandasnya.

Sementara itu peserta FGD akademisi dari Universitas Mulawarman Warkhatun Najidah, SH, MH mengungkapkan bahwa perubahan UUD NRI Tahun 1945 bukan suatu hal yang tidak boleh tapi merupakan keniscayaan yang biasa dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, yang pelaksanaannya memang mesti menunggu momentum yang sangat tepat.

"Tapi, saya menitikberatkan satu hal di tengah ide-ide, gagasan-gagasan ketatanegaraan dalam proses pentahapan dan pelaksanaan perubahan UUD NRI Tahun 1945 ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh MPR terutama yakni terkait penataan kembali kekuasaan kehakiman," katanya.

Hal tersebut, lanjut Warkhatun, sangat penting mengingat kekuasaan kehakiman Indonesia telah mengalami degradasi.

"Jadi perubahan UUD NRI Tahun 1945 menjadi sangat penting untuk menata kembali kekuasaan kehakiman yang telah mengalami degradasi," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Afian, SH, MH peserta FGD juga akademisi dari Universitas Mulawarman menegaskan bahwa perubahan UUD NRI Tahun harus dilaksanakan sesegera mungkin jika momentumnya ada dan sudah disepakati sebab UUD NRI Tahun 1945 merupakan jantung dari negara Indonesia.

"Banyak yang harus diperhatikan dalam pelaksanannya yakni penataan sistem ketatanegaraan Indonesia sendiri, tentang sistem keamanan nasional, tentang pendidikan, tentang lingkungan, kesejahteraan sosial dan lainnya yang berdampak langsung kepada negara, bangsa dan rakyat Indonesia," katanya.

Pemaksimalan kedaulatan rakyat, lanjut Afian, juga bisa menjadi agenda besar dalam pelaksanaan perubahan UUD NRI Tahun 1945 antara lain pemilihan kepala daerah melalui jalur independen. Bahkan pemaksimalan kedaulatan rakyat juga bisa dalam bentuk pemilihan pimpinan nasional di jalur independen.

"Hal tersebut sangat dimungkinkan sebab teori demokrasi harus selaras dengan pelaksanaannya yakni dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Pemilihan pemimpin nasional sampai daerah dari jalur independen adalah pemaksimalan demokrasi rakyat dan faktanya banyak ternyata rakyat yang mengharapkan jalur independen," tambahnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habis Kontrak, Audi Tarik Mobil-mobilnya dari Pemain Barcelona

Posted: 27 Jul 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kontrak kerja sama klub sepak bola Barcelona dengan pabrikan mobil Jerman, yaitu Audi rupanya tak diperpanjang. Setelah 13 tahun saling mendukung, kini keduanya tak lagi bersama.

Buntutnya, Audi memberikan waktu satu pekan kepada para pemain Barcelona untuk mengembalikan mobil yang sempat diberikan secara cuma-cuma musim lalu.

Dilansir Zing, sebelumnya pada musim lalu, Audi memberi kesempatan para pemain Barca untuk memilih tipe mobil Audi yang mana yang mereka mau. Bebas. Total harga mobil bahkan mendekati angka USD 1,7 juta atau Rp 23,8 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.000).

Dalam perjanjian, ada klausa yang mengharuskan para pemain Barcelona memakai mobil Audi untuk pergi latihan atau menghadiri acara penting.

 

Pemain Barcelona

Di antara mobil-mobil pemain Barca, mobil milik Sergio Busquets adalah yang paling mahal. Mobil Busquets adalah Audi R8 V10 Plus Coupe seharga USD 240.000 (Rp 3,3 miliaran).

Sementara itu, dua pemain depan Barca, Lionel Messi dan Luis Suarez, serta pemain belakang Gerard Pique, ketiganya memilih Audi RS6 Avant Performance yang memiliki harga sekitar USD 160.000 (Rp 2,2 miliaran).

Selain itu, ada tujuh pemain yang menggunakan Audi Q7 luxury SUV seharga USD 81.000 (Rp 1,1 miliaran), termasuk Philippe Coutinho, Ivan Rakitic, Rafinha, Nelson Semedo, Jordi Alba, Thomas Vermaelen, dan jasper Cillessen.

Tiga pemain lain, Ousmane Dembele, Sergi Roberto, dan Samuel Umtiti menggunakan sport Hatchback Audi RS3 Sportback seharga USD 70.000 (Rp 980 jutaan). Kemudian penjaga gawang marc-andre ter Stegen menjadi satu-satunya pemain yang memilih crossover high-performance Audi SQ5 TFSI seharga USD 89.000 (Rp 1,2 miliaran).

Setelah sampai lagi kepada Audi, mobil-mobil itu akan dijual kembali sebagai mobil bekas melalui sistem retail Audi. Ini merupakan kesempatan bagi para fans Barca untuk bisa memiliki mobil yang pernah dipakai oleh idola mereka.

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Viral Ibu Hamil di Malaysia Carikan Istri Kedua untuk Suaminya

Posted: 27 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Malaysia - Kebanyakan wanita merasa keberatan jika suaminya melakukan poligami. Namun, tidak bagi Khuzatul Atiqah. Wanita asal Malaysia itu malah mencarikan istri kedua untuk suaminya.

Bukan tanpa alasan, Atiqah yang tengah hamil empat bulan itu rela dimadu. Pada kehamilannya yang kelima ini, Atiqah merasa tidak sehat sehingga tak bisa maksimal melayani suaminya.

Bahkan, Atiqah tak tahan melihat suaminya begitu lelah dan tidak diperhatikan karena terus bekerja keras serta harus merawatnya karena merasa tidak sehat selama kehamilan.

"Dia terlihat sangat lelah sehingga saya merasa tidak enak kepadanya, saya pun memutuskan untuk mencari istri kedua untuk suami saya. Pada waktu itu, saya berpikir bahwa jika situasi ini terus berlanjut, tidak ada yang akan bisa mengurus suami saya, jadi saya memutuskan untuk mencari istri lain," kata Atiqah dalam laman Facebooknya, dikutip Minggu (28/7/2019).

Atiqah pun memulai pencarian istri kedua yang cocok untuk suaminya. Secara kebetulan, Atiqah bertemu Nur Fathonah, seorang ibu tunggal yang dia kenal di media sosial pada 2018 dan telah menjadi teman baik. Atiqah mengaku, memulai pembicaraan tentang menjadi istri kedua suaminya dengan Fathonah pada pertemuan kedua mereka.

Fathonah terkejut dengan pembicaraan itu, karena setelah berpisah dengan mantan suaminya ia tidak berpikir akan menikah lagi. Tetapi setelah banyak bujukan dari Atiqah, dia setuju untuk memulainya dengan berbuka puasa bersama keluarga Atiqah pada Ramadan lalu.

Viral di Media Sosial

Kisah Viral Ibu Hamil di Malaysia Carikan Istri Kedua untuk Suaminya. (Facebook)

Dalam unggahan di Facebook-nya, Fathonah berkata, "Saya dapat melihat bahwa dia memiliki keluarga yang sangat bahagia dan anak-anak saya juga bahagia di sana. Kami mulai semakin dekat bicara di WhatsApp dan saya bisa melihat bahwa Atiqah benar-benar peduli pada keluarga saya. Suaminya juga mengirimkan permintaan dan salamnya melalui Atiqah dan dari sini, saya bisa melihat bahwa keluarga ini benar-benar peduli pada kesejahteraan saya."

Setelah perundingan yang cermat, Fathonah mengaku percaya hal ini adalah takdir dan merasa berada dalam hubungan poligami sebenarnya adalah hal yang indah. Dia pun setuju untuk menjadi istri kedua. Menurutnya keputusan ini adalah yang terbaik dan bermanfaat bagi semua pihak.

Pengalaman poligami yang mereka bagikan di media sosial ini pun viral. Warganet memuji Atiqah karena cukup murah hati untuk membuka hatinya kepada istri lain sehingga suaminya akan selalu dijaga. Banyak dari mereka mengirimkan doa kepada keluarga dan berharap mereka juga bahagia.

Ketika ditanya apa reaksi suaminya saat Atiqah ingin mencarikannya istri kedua, ia mengatakan bahwa suaminya tidak memberikan banyak reaksi dan hanya tersenyum. Sekarang, keluarga ini hidup bahagia bersama dan telah membuka studio rekaman di Seksyen 15, Shah Alam, Malaysia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Kegiatan Risma Ikut Balapan hingga Jadi Mentor di Surabaya

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) selama menjabat berupaya untuk mengembangkan Surabaya menjadi kota yang bersih, cantik dan nyaman bagi warganya.

Risma panggilan akrabnya pun tak pernah mengenal kata lelah dalam mewujudkan hal tersebut bagi masyarakat Surabaya. Perempuan kelahiran 20 November 1961 ini pun saat bekerja tak sungkan untuk langsung turun ke lapangan.

Ia pun mendengarkan warganya sehingga membantu mewujudkan fasilitas untuk masyarakat Surabaya sehingga dapat beraktivitas dengan nyaman. Misalkan sejumlah taman yang dibangun dan sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya.

Pada Sabtu, 27 Juli 2019, Risma pun mengikuti sejumlah kegiatan. Hal itu mulai dari melihat kebun anggrek di eks lokalisasi Sememi Surabaya, membuka acara kejuaraan balapan bertajuk Drag Race: Surabaya Racing Project hingga memberikan mentor kepada pelaku startup di Surabaya, Jawa Timur.

Ingin tahu apa saja kegiatan Risma pada akhir pekan ini di Surabaya, Jawa Timur? Berikut sejumlah potret yang dirangkum Liputan6.com:

Kunjungi Laboratorium Budidaya Tanaman Anggrek

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengunjungi laboratorium budidaya tanaman anggrek di Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Pemerintah Kota Surabaya terus mengupayakan pemberdayaan masyarakat di kawasan eks lokalisasi. Salah satunya di eks lokalisasi Sememi, Jalan Sememi Jaya II, Tandes, Surabaya.

Melalui laboratorium budidaya tanaman anggrek dan pengolahan jamur, Pemkot Surabaya ingin masyarakat di sana mendapatkan akses ekonomi yang lebih baik.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, pembangunan kebun anggrek (Green House) sudah memasuki tahap akhir dan akan dibuka serta diresmikan bulan depan. Ia berharap, pembangunan kebun anggrek itu dapat menjadi salah satu akses ekonomi warga sekitar.

"Nanti warga di rumah-rumahnya itu bisa menjual anggrek, bisa menjual krispi jamur, nanti kita ajarkan itu, supaya mereka mendapatkan akses ekonomi," kata Risma saat meninjau Kebun Anggrek Sememi, Sabtu, 27 Juli 2019.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga sedang menyiapkan lahan seluas 1,5 hektar untuk kebun wisata anggrek. Lokasinya, berdekatan dengan tempat budidaya anggrek (Green House). Ia berharap wisata kebun anggrek itu nantinya dapat menarik wisatawan untuk datang.

Melihat Budidaya Jamur

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengunjungi laboratorium tanaman anggrek dan budidaya jamur di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Masih di eks lokalisasi Sememi, Jalan Sememi Jaya II, Tandes, Surabay, terdapat juga lokasi untuk pengolahan jamur. Budidaya jamur dipilih karena lebih mudah dan nilai ekonominya juga tinggi. 

Buka Kejuaraan Balapan Drag Race

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membuka kejuaraan balapan di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (27/7/2019). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Saat membuka kejuaraan balapan di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya, Risma menceritakan alasan membangun sirkuit tersebut. Selain itu, ia juga mengajak anak muda Surabaya untuk balapan di sirkuit tersebut sehingga tetap menjaga keselamatan diri sendiri dan masyarakat.

Risma menuturkan, sirkuit ini memang sengaja dibuat untuk mewadahi anak-anak yang suka kebut-kebutan. Oleh karena itu, setelah ada sirkuit ini, dia berharap anak-anak yang suka kebut-kebutan di jalanan bisa pindah ke sirkuit ini sehingga kebut-kebutan di jalanan Surabaya tidak ada lagi.

"Kalau kebut-kebutan di luar sana bahaya. Kalau ada sesuatu yang terjadi, bukan hanya pelakunya saja yang kena, tapi juga bisa jadi orang yang tidak tahu apa-apa yang kena, kasihan," ujar Risma, saat membuka kejuaraan balapan Drag Race yang perebutkan piala Wali Kota Surabaya.

Berkunjung ke Taman Ngagel

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kunjungi Taman Ngagel (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) terus mengembangkan Taman Ngagel yang berada di sisi selatan Jembatan Hujung Galuh, Jalan Raya Ngagel Surabaya. Selain berencana dilengkapi wisata air perahu, taman seluas 2 hektar itu juga dilengkapi dengan jembatan gantung.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) mengatakan, pihaknya berencana membangun jembatan gantung untuk menghubungkan Taman Ngagel dengan rumah-rumah warga di sisi sebelah barat sungai Kalimas. 

Memberikan Mentoring

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan mentoring kepada Startup Surabaya di Koridor Co-working Space, Gedung Siola (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) memberi mentor kepada pelaku usaha perusahaan rintisan (startup) di Surabaya pada Sabtu, 27 Juli 2019.

Saat memberi mentor, Risma membocorkan satu per satu strategi pembangunan di Kota Surabaya secara cepat dan tepat.  Dari pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sampai pada kesejahteraan masyarakat secara spesifik. Bahkan Risma juga memberikan kesempatan para peserta untuk bertanya berbagai hal tentang pengembangan usaha dan pembangunan Surabaya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Jonan Ancam Putuskan Listrik Gedung yang Tak Punya Panel Surya

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkap ide agar penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) semakin meluas di masyarakat. Jonan mengajak kepala daerah membuat aturan dan hukuman bagi gedung agar punya panel surya.

"Dibuat bahwa pengajuan IMB, misalnya yang bangunannya dalam 1 IMB di atas 250 m2 itu wajib pasang PLTS atap, misalnya 60 persen dari kapasitas listrik yang dia berlangganan dengan PLN," ucap Jonan di Monas, Minggu (28/7/2019).

Bagaimana jika gedung sudah terlanjur berdiri? Jonan memberi gagasan agar gedung-gedung di atas 250 m2 atau 500 m2 agar mulai membangun panel surya dengan batas hingga lima tahun. Bila menolak, Jonan meminta perlu ada sanksi pemutusan listrik.

"Orang kita kalau enggak ada sanksinya enggak takut. Enggak bakal takut karena enggak pernah respek tujuannya. Kalau begitu bagaimana? Ya kerja sama dengan PLN: Kalau 5 tahun belum, listriknya diputus," kata Jonan.

Sang menteri juga mengajak asosiasi Real Estate Indonesia (REI) dalam membantu rumah-rumah baru dalam memasang panel surya. Berhubung harga pemasangan masih mahal, Jonan berharap pihak REI dan PLN bisa kerja sama dengan bank.

Saat ini, pemasangan panel surya bisa mencapai USD 1.000 atau Rp 14 juta (USD 1 = Rp 14.002) untuk tiap 1 kWp. Pemasangan di rumah cukup singkat, yakni sekitar satu setengah hari.

Jonan berkata panel surya bisa mengajak masyarakat menggunakan energi yang lebih bersih, dan berkontribusi mengurangi pemanasan bumi (global warming).

Menteri Jonan: Panel Surya Bisa Garansi Sampai Pemilik Rumah Meninggal

Rumah Listrik Surya di Monas. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

 

Pada kesempatan sama, Menteri ESDM Ignasius Jonan memperkenalkan Rumah Listrik Surya milik PLN di Monas. Pada acara itu, sebuah rumah minimalis tipe 36 dipasangkan sejumlah panel surya dan dilengkapi perlengkapan rumah tangga yang tenaganya berasal dari surya.

Salah satu tantangan panel surya adalah harganya yang tidak murah, namun Jonan mengingatkan panel ini adalah bentuk investasi masa depan. Penggunaan pun bisa berlanjut sampai pemiliknya meninggal. 

"Jadi kalau bapak (provider listrik tenaga surya) masang di rumah, bilang: 'Ini saya pasang ya, nanti ini bisa jalan terus kalau saya sudah pergi.' Jadi garansinya seperti itu, karena di atas atap orang bongkar pasang jadi males," ujar Jonan.

Jonan berkata keuntungan memakai panel surya bisa terlihat pada 8 hingga 9 tahun mendatang berdasarkan perhitungan tarif saat ini. Artinya, jika ke depan tarif listrik naik, maka hasil hemat dengan panel surya bisa terlihat lebih cepat.

Saat ini, biaya pemasangan panel surya per 1 kWp adalah sekitar USD 1.000 atau Rp 14 juta (USD 1 = Rp 14.002). Harga itu sudah menurun dari sebelumnya yang sekitar Rp 30 juta. Beberapa gedung pemerintah pun sudah mulai mencoba inovasi ini.

"Istana Merdeka sudah memasang 260 kWp. Kantor Kementerian ESDM sudah memasang 160 kwp (di atap dan parkiran). Rumah saya juga sudah. Rumah pribadi itu 15,4 kWp, dan ini akan membantu penggunaan energi kita yang lebih ramah lingkungan," jelas Jonan.

 

Masalah Lingkungan

Tertarik memasang panel surya sebagai energi listrik alternatif di rumah Anda? Simak apa saja yang perlu Anda siapkan.

Jonan pun meminta agar masyarakat tak hanya melihat dari segi finansial saja, melainkan lingkungan. Peralihan ke energi terbarukan menurutnya perlu digencarkan agar Indonesia tak bergantung ke energi tak ramah lingkungan seperti batu bara.

"Cara berpikirnya bukan masang panel surya ini akan mengurangi tagihan listrik saja, tapi akan membantu penggunaan energi bagi kita yang lebih ramah lingkungan," jelas Jonan.

Ia optimistis para generasi muda akan membuat energi terbarukan makin populer. Harga listrik tenaga surya pun ia prediksi akan terus menurun, sama seperti handphone yang dulunya mahal tapi sekarang sudah terjangkau. 

"Generasi muda mendukung energi bersih. Handphone 25 - 30 tahun yang lalu itu masih mahal, sekarang lebih murah dan animonya besar karena dulu HP ini dikembangkan generasi yang masih muda, dan senang kalau ada mobile phone," jelas Jonan.

Acara di Monas ini menargetkan agar masyarakat lebih cepat memanfaatkan tenaga surya, bisa beralih ke kompor listrik, serta mempercepat implementasi kendaraan listrik (Electric Vehicle). Energi surya ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap Paris Agreement yang mendukung solusi yang pro-lingkungan. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Cinta: Beri Pasangan Kebebasan

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kartu 8 Of Swords muncul dalam prediksi Tarot Cinta 27 periode Juli - 2 Agustus 2019. 

 

8 of Swords

Belenggu ini harus dilepaskan. Jika memang kesulitan untuk keluar dari situasi saat ini, mintalah bantuan orang lain untuk melepaskan. Kamu bisa move on dan melangkah lagi. 

 

Jomblo

Mengapa kamu berpikir untuk menyerah? Masa depan masih terbuka luas untukmu. Berpikirlah positif. Lalui hari demi hari dengan penuh pengharapan. 

 

PDKT

Masih menginginkan si dia meskipun kamu tahu dia bukanlah untukmu. Cobalah realistis. 

 

 

 

Pacaran dan Menikah

Pacaran

Tidak baik terlalu posesif kepada pasangan. Beri dia ruang kebebasan. Biarkan dia berkembang dan menjadi lebih dewasa. 

 

Menikah 

Lepaskan belenggu pikiran dan keinginan-keinginanmu. Syukuri situasi saat ini. Akan ada perubahan, namun pelan. Butuh waktu untuk proses yang lebih baik. 

 

Saran Cinta

Kartu Tarot The World

The World

Semua yang terjadi dalam hidupmu saat ini akan berakhir dengan baik. Kamu mampu mengatasi situasi yang ada. Kamu bisa menguasai duniamu dan bertambah kuat. Tidak ada pengalaman yang tidak berguna. Jalani dan cobalah bijak untuk setiap masalahmu saat ini. Jangan ragu meminta bantuan orang lain. 

 

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Bupati Budhi Cegat Orang Gangguan Jiwa dan Ajarkan Istigfar

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banjarnegara - Sebuah video viral menuai simpati warga beredar viral di berbagai linimassa. Kali ini, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono yang jadi lakonnya.

Dalam video itu, Bupati Budhi dengan beberapa pegawai pemerintahan, nampaknya Pegawai Pemkab Banjarnegara, sedang mengerumuni orang dengan gangguan jiwa.

Ia lantas berusaha memberi pengertian agar si orang gangguan jiwa itu berpakaian.

Bupati dengan sabar menunggu orang gangguan jiwa yang sebelumnya berjalan tanpa busana. Lantas, bupati juga menyuapi minum. Sementara, anak buah sang bupati dengan sigap membantu orang gila itu mengenakan baju.

Dalam video berdurasi kurang lebih tiga menit itu, sang bupati beberapa kali juga menasehati agar orang tersebut menurut.

Singkat kalimat, bupati dan para pegawai akhirnya berhasil mengenakan baju lebih layak ke orang gangguan jiwa itu. Lantas, bupati mengajak orang berpenampilan kumal itu untuk mengucapkan syukur.

"Alhamdulillah," ucap bupati, mengajari orang gangguan jiwa itu.

Ia juga meminta si orang gangguan jiwa yang sudah berpakaian lengkap untuk mengucapkan istighfar, sebagai tanda meminta ampunan kepada yang Tuhan.

Aksi simpatik Bupati Budhi memberi baju ke orang gangguan jiwa ini pun lantas menuai simpati warga. Video tersebut beredar cepat di berbagai grup pesan.

Pertemuan Tak Sengaja Budhi

Tangkapan layar video Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengajak orang gangguan jiwa mengucap hamdalah dan istighfar. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)

Mereka takjub dengan aksi bupati yang tak jengah dengan penampilan si orang gangguan jiwa yang kumal dan kotor. Terlebih, sebelumnya, orang gangguan jiwa itu telanjang bulat.

Salah satu warga yang bersimpati dengan aksi bupati Budhi adalah Khoerul Muzakki, warga Banjarnegara. Menurut dia, bupati Budhi telah memberi teladan bagaimana memperlakukan sesama manusia.

"Saat banyak orang membiarkan atau menjauhi yang berseliweran di jalan, sikap lain justru ditunjukkan oleh Bupati Budhi," ucap Zaki, Sabtu, 27 Juli 2019.

Zaki mengatakan, peristiwa itu terjadi di jalan raya Desa Majalengka Kecamatan Bawang Banjarnegara. Budhi bersama pegawai Pemkab saat itu dalam perjalanan untuk meninjau pembangunan jalan kabupaten di wilayah selatan Banjarnegara.

Tanpa disengaja, bupati melihat seorang lelaki telanjang bulat berjalan di pinggir jalan. Dari penampilannya yang kotor dan kumal, dipastikan pria itu mengalami gangguan jiwa.

Lantas, Bupati Budhi ingin memberi pria itu pakaian sehingga auratnya tertutup. Sayang tidak ada pakaian lain selain seragam dinas yang dia kenakan.

Demikian halnya rombongannya, tak ada satupun yang membawa pakaian selain yang melekat di badan. Akhirnya, bupati dan rombongan membeli baju dan celana untuk orang gangguan jiwa ini.

Yang terjadi kemudian adalah apa yang terjadi di video viral itu. Bupati Budhi, dengan sabar mengenakan baju ke orang gangguan jiwa tanpa sungkan atau jijik.

Kasih Budhi untuk Remaja Penderita Psikotik

Lina, gadis remaja penderita psikotik ketika dijemput Bupati Banjarnegara di rumahnya 10 Juni 2019 lalu. (Foto: Liputan6.com/Humas Pemkab BNA/Muhamad Ridlo)

Perhatian Bupati Budhi kepada orang gangguan jiwa sebenarnya bukan kali ini saja. Teranyar, Budhi yang juga akrab dengan panggilan Wing Chin ini juga menjemput seorang remaja perempuan penderita psikotik yang nyaris setahun dikurung di rumahnya pada Juni 2019 lalu.

Sang bupati tak tega ada remaja pintar yang dipasung kemerdekaannya. Nuraninya tergugah. Lantas, Lina diboyong ke Rumah Sakit Jiwa atau RSJ dr Soerojo, Magelang.

Psikotik adalah gangguan kejiwaan di mana seseorang menderita halusinasi. Pengidap psikotik cenderung tak menyadari perilakunya. Terkadang, Lina pergi tanpa pamit. Tindakannya, tak terkontrol.

Budhi lantas kembali bertemu dengan Lina usai nyaris sebulan. Tetapi, kini mereka dipertemukan di Panti Rehabiliasi Sosial Pamardi Raharjo, Pucang, Banjarnegara, Selasa (2/7/2019). Setelah 20 hari dirawat di RSJ dr Soerojo, Lina dipulangkan ke Banjarnegara.

Kondisinya berbeda jauh dari Lina yang dijemput bupati sebulan lalu. Gadis remaja penderita psikotik ini tak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

Senyumnya merekah ketika bupati membuka pintu kamarnya. Barangkali, ia masih mengingat orang yang menjemput dan melepaskannya dari kurungan nyaris setahun. Terlebih, bupati memberinya jajan kegemarannya, susu kemasan.

Tawanya begitu lepas ketika bupati mengajaknya jalan-jalan di sekitar kompleks panti. Lina didampingi sang ayah, Ratman, kakek dan saudara-saudaranya.

"Terima kasih Pak Bupati," ucap Lina. Lantas, ia menyebut nama-nama yang diingatnya.

Sebelumnya, Bupati Budhi juga menyelamatkan seorang pria yang lama dipasung. Kini, pria itu dirawat di rumah dinasnya. Pemuda itu kini jauh lebih baik dan hidup berdampingan dengan keluarga bupati.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi Bupati Budhi Sarwono maupun Pemkab Banjarnegara mengenai video yang menuai simpati warga ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tempat Unik yang Simpan Misteri Bagi Peneliti

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alam semeseta memiliki keunikan dan cara kerjanya sendiri. Manusia telah berhasil menguak beberapa hal tentang bumi dan alam semesta ini. Namun, masih ada beberapa teka-teki alam semesta yang sulit dipecahkan manusia.

Ilmu pengetahuan membantu manusia mengetahui cara kerja bumi dan alam semesta. Namun, belum semua hal bisa diketahui manusia dan terbukti secara ilmiah.

Dilansir Brightside pada Rabu (24/7/2019), berikut beberapa tempat dengan fenomena unik yang menjadi teka-teki bagi peneliti.

1. Stonehenge

Stonehenge

Susunan batu yang tak biasa memang menarik perhatian. Bahkan ilmuwan pun masih sulit menjelaskan bagaimana manusia pada zaman dahulu membangunnya.

Saat ini, manusia mungkin bisa menyusun batu seperti itu dengan bantuan teknologi. Namun, ilmuwan sulit menjelaskan cara manusia zaman dulu mengangkat batu yang beratnya 4 hingga 37 ton. Diperkirakan, Stonehenge dibangun antara 3000-1520 sebelum masehi.

Beberapa orang berspekulasi caranya dengan menggunakan roda atau mengangkatnya bersama-sama. Namun hal itu masih semacam dugaan. Selai itu, misteri lain pun muncul, apa tujuan dibangunnya Stonehenge itu?

2. Air terjun Devil's Kettle

Air terjun Devil's Kettle (Sumber: fineartamerica .com copyright Matthew Winn)

Di Minnesota, Amerika Serikat, ada dua air terjun yang berdekatan. Satu air terjun mengalirkan airnya ke sebuah danau, satunya lagi mengalirkan air ke sebuah lubang alami. Masalahnya, tidak ada yang tahu, ke mana air itu mengalir.

Beberapa orang coba menjatuhkan benda ke lubang mengalirnya air itu. Namun, benda yang dijatuhkan itu tidak muncul ke permukaan.

Meski mungkin benda itu jatuh ke dasar, tapi beberapa benda dan air dari air terjun akan mengalir ke suatu tempat bukan? Hal itu yang masih menjadi penelitian.

3. Petir Catatumbo, Venezuela

Danau Catatumbo, Venezuala

Di dekat Sungai Catatumbo dan Danau Maracaibo, Venezuela, sambaran petir muncul setiap detik selama hampir sepanjang tahun. Petir itu umumnya menyambar mulai pukul 7 dan berlangsung selama sepuluh jam.

Penelitian soal petir di Catatumbo itu telah dilakukan. Salah satunya penelitian oleh Erick Quiroga.

Beberapa penelitian berteori petir itu muncul karena wilayah yang dikelilingi gunung sehingga berpengaruh pada angin di sana. Tabrakan suhu panas dan dingin menimbulkan adanya petir itu. Namun, teori-teori lain pun masih bermunculan.

4. Lingkaran Peri di Namibia

Lingkaran peri telah menjadi misteri bagi kalangan ilmuwan selama beberapa dekade.

Namibia, Afrika merupakan salah satu gurun habitat hewan liar. Namun yang unik dari tempat itu adalah banyaknya lingkaran yang terbentuk di sana. Lingkaran-lingkaran itu berdiameter antara 2 hingga 20 meter.

Munculnya lingkaran itu masih menjadi misteri di kalangan peneliti. Beberapa teori bermunculan. Salah satunya Norbert Juergens yang berteori rayap merupakan penyebab munculnya lingkaran itu.

Teori lain mengatakan itu akibat tumbuhan yang berkompetisi mendapatkan air.

5. Fenomena cahaya Hessdalen

Fenomena Cahaya Hessdalen (Foto: hessdalen.org).

Cahaya yang berwarna-warni dan berbagai bentuk menghiasi langit di Hessdalen, Norwegia. Cahaya itu diperkirakan muncul sejak 1980an.

Fenomena itu pun menuai perhatian dan penelitian. Bahkan ada mitos yang beredar bahwa itu adalah ulah UFO. Namun, peneliti berusaha menguaknya secara ilmiah.

Beberapa orang menduga itu efek dari radioaktif dan partikel di udara. Namun, fenomena unik itu masih menjadi misteri bagi para peneliti.

6. Sungai mendidih di Amazon

Air Mendidih di Sungai Mayantuyacu, Amazon. (dok.Instagram @david.ldh/https://www.instagram.com/p/Bu0RdHnHMcK/Henry

Di kedalaman Hutan Amazon, terdapat sungai yang mendidih. Sungai bersuhu sekitar 91 derajat celsius itu bahkan bisa merebus hewan hingga manusia yang jatuh ke dalamnya. 

Tempat itu disebut juga Mayantuyacu. Keberadaan sungai mendidih itu pun menjadi salah satu legenda yang beredar di masyarakat. 

Peneliti bertanya-tanya dari mana sumber panas air tersebut. Sumber air mendidih memang ada di beberapa tempat, umumnya dekat gunung volkano. Namun, sungai mendidih di Amazon tidak berada di dekat gunung volkano.

Beberapa hipotesis pun muncul mengenai sumber air panas ini. Ada yang berpendapat dari panas bumi, dari gunung, atau dampak dari minyak.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nintendo Switch Segera Dapat Disuntik Android

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, salah satu alasan mengapa Nintendo Switch sukses di pasaran saat ini adalah desainnya yang revolusioner untuk sebuah konsol rumahan.

Hadir dengan kemampuan untuk dapat dimainkan secara mobile dan terhubung ke televisi, Nintendo Switch berhasil membuat gamers takjub.

Meski begitu, desain konsol hibrida milik Nintendo ini memiliki bentuk mirip dengan perangkat gaming tablet Nvidia Tegra yang berjalan di Android.

Karena itulah, sejumlah modder telah melakukan berbagai upaya untuk dapat menjalankan Android di konsol Switch.

Kabar baiknya, dalam waktu dekat Android tidak resmi untuk Switch dapat segera dijalankan. Mod ini telah berkembang signifikan sejak beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (27/7/2019), Android untuk Switch ini dibuat berdasarkan sistem operasi LineageOS 15.1 yang berbasis Android 8.1 Oreo.

Namun, tidak diketahui apakah si pengembang memiliki rencana untuk memperbaruinya ke Android Q.

Semakin Mudah Instal Mod di Switch

Nintendo Switch akan kedatangan 100 gim. (Sumber: Polygon)

Bagi mereka yang masih ragu untuk mengotak-atik konsol Switch dan memasang mod ini, para pengembang telah menyederhanakan proses keseluruhan yang membuatnya terlihat sangat mudah.

Namun, sebelum mengambil keputusan ini, perlu diingat bahwa Nintendo tidak menyukai modder yang memodifikasi konsol.

Berdasarkan laporan yang ada, Nintendo telah melarang gamer menjalankan sistem Switch yang dimodifikasi. Oleh sebab itu, silakan otak-atik perangkat Switch kamu asal kamu siap dengan konsekuensi terburuk berupa pemblokiran.

(Ysl/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Begini Penampakan Kuburan Bus Transjakarta di Bogor

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Deretan  bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Deretan bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kondisi bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kondisi bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Deretan  bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Deretan bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Deretan  bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Deretan bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Deretan  bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

Deretan bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donna Harun Menikah Lagi, Ini Doa Ricky Harun

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga ikut menyaksikan proses pernikahan ketiga artis yang juga model Donna Harun. Resepsi pernikahan Donna Harun dengan suami ketiganya itu berlangsung di Bali, Sabtu (27/7/2019) malam.

Dibarisan keluarga, ada wajah Ricky Harun, yang merupakan anak dari suami pertama Ardy Gustav, serta Jeje Soekarno yang merupakan anak Donna Harun dari suami kedua, Hendra Rahtomo.

Tak ketinggalan aktor Ricky Harun yang ikut memeriahkan pesta pernikahan Donna Harun. 

Di pernikahan ketiga Donna Harun, Ricky Harun bahkan memberikan sambutan yang berisi ungkapan perasaannya mengetahui sang ibunda menikah lagi.

 

 

 

Diunggah Jeje Soekarno

Donna Harun (Sumber: Instagram/allyssahawadi)

Jeje Soekarno mengunggah sambutan yang juga berisi doa yang diucapkan Ricky Harun kepada sang ibunda melalui fitur Instagram Stories. 

"Saya Ricky anak Ibu Donna. Kalau dibilang senang, ya senang banget yah. Semoga ini menjadi pilihan yang tepat untuk ibu," kata Ricky Harun.

"Karena kita sebenernya anaknya santai saja yah, terserah ibulah. Pokoknya bahagia," Ricky Harun menambahkan dengan ekspresi bahagia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Piala AFF U-15 Malaysia Vs Brunei Darussalam di Vidio.com

Posted: 27 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Chonburi - Piala AFF U-15 akan memainkan pertandingan Grup B antara Malaysia vs Brunei Darussalam, Minggu (28/7/2019) di Chonburi Campus Stadium. Di atas kertas, Malaysia lebih diunggulkan untuk menang di pertandingan ini.

Di Grup B, Malaysia dan Brunei tergabung bersama tuan rumah Thailand, Laos, Kamboja, dan Australia. Selain Thailand, Australia juga diunggulkan untuk lolos ke fase berikutnya pada Piala AFF U-15.

Komposisi tersebut membuat grup B terbilang lebih neraka ketimbang grup A. Di Grup A, Indonesia sebagai juara bertahan harus bersaing dengan Timor-Leste, Myanmar, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Timor-Leste sejauh ini memimpin klasemen setelah secara mengejutkan menggulung Filipina 7-1. Sementara, Indonesia berada di posisi kedua berkat kemenangan 2-0 atas Vietnam.

Live streaming Malaysia vs Brunei Darussalam di Piala AFF U-15 akan disiarkan 15.00 WIB di Vidio.com. Dapatkan link live streaming Malaysia vs Brunei Darussalam di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Malaysia vs Brunei Darussalam di Piala AFF U-15 silakan klik di sini...

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

220 Warga Calon Penghuni Rumah DP 0 Rupiah Hadiri Pemilihan Unit

Posted: 27 Jul 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memproses pengajuan kredit dan pemilihan unit program rumah DP 0 rupiah sejak Sabtu 27 Juli 2019.

Tercatat 220 orang pendaftar yang lolos verifikasi persyaratan administrasi hadir memenuhi undangan pemilihan unit di lokasi rumah susun sederhana milik (Rusunami) Klapa Village, Jakarta Timur.

Sejak dibuka layanan pada pukul 08.00 WIB, warga yang lolos seleksi administrasi program rumah DP 0 rupiahantusias menjalani proses akad dan pemilihan unit. Dimulai pendaftaran, pencocokan identitas, dan pengisian form berlangsung tertib.

Warga tidak perlu mengantre dan menunggu lama untuk mengajukan kredit dan memilih unit. Hanya dalam waktu 20-30 menit, semua proses selesai.

"Antusiasme warga rupanya cukup tinggi, dari daftar hadir di lokasi ada terdapat 233 orang, karena ada juga beberapa warga yang tidak termasuk dalam daftar undangan, namun tertarik ingin mendaftar," ujar Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan di Jakarta, Minggu (28/7/2019).

"Mereka tetap dilayani dengan baik, diberikan informasi tentang program ini, kami catat nama dan data kontaknya, untuk nanti akan dikabari jika ada pendaftaran baru," sambungnya.

Warga yang menghadiri pendaftaran menceritakan besarnya harapan mereka terhadap program tersebut. Warga mengaku terbantu dengan program rumah DP 0 rupiah

"Program ini banyak manfaatnya, biasanya kan pake DP-nya (uang muka) gede, Rp 30 juta, ini kan enggak pake DP jadi agak ringan. Sebelumnya saya enggak kepikiran punya rumah di Jakarta, karena kalau pengin punya rumah pasti minggir, kalau di Jakarta kan harganya tidak kebeli," ujar Bonang, seorang pekerja hotel.

 

1.790 Orang Lolos Verifikasi Dokumen

Warga mendaftar program rumah DP 0 rupiah di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (1/11). Setelah mendaftar, pemohon akan melewati tahap verifikasi pemerintah daerah dan bank pelaksana (Bank DKI). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diketahui, sejak dibuka pendaftaran pada November 2018 lalu, 2.359 orang telah mendaftar. Setelah melalui proses seleksi dan verifikasi dokumen oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terdapat 1.790 orang yang memenuhi kriteria, untuk tahap selanjutnya.

Pendaftar yang diundang karena telah lolos seleksi dan verifikasi memiliki waktu selama 10 hari dari Sabtu 27 Juli 2019 hingga Minggu, 4 Agustus 2019, untuk memilih unit yang diminati dan melakukan proses pengajuan permohonan kredit program DP 0 rupiah ke Bank DKI.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Usulkan Ide Transfer Besar pada Juventus

Posted: 27 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) dikabarkan mengajukan minat untuk mengontrak bintang Juventus, Paulo Dybala. Manajemen MU mendukung keinginan pelatih Ole Gunnar Solskjaer untuk merekrut pemain berusia 25 tahun itu.

Tuttosport melaporkan klub juara Liga Inggris 20 kali itu, kini berada di posisi terdepan untuk mengontrak mantan pemain Palermo itu. Kubu MU juga membawa ide untuk melibatkan Romelu Lukaku, yang juga merupakan target transfer untuk Inter.

MU dan Juventus dilaporkan akan menyalip mimpi Antonio Conte menandatangani pemain asal Belgia itu. MU mengusulkan ide transfer besar ke Juventus, yang melibatkan kesepakatan pertukaran antara Lukaku dan Dybala.

Jika kesepakatan yang melibatkan dua pemain terjadi, itu berpotensi menggairahkan para penggemar MU. Tapi, pada saat yang sama, masalah di Juventus belum terselesaikan.

Gagasan MU

2. Paulo Dybala (Juventus) - 3 Gol. (AFP/Marco Bertorello)

Si Nyonya Tua mencoba menjual beberapa pemainnya termasuk Dybala, Gonzalo Higuain, Mario Madzukic dan Moise Kean.

Meskipun Juve tidak sepenuhnya menolak gagasan MU itu, mereka juga mencari opsi lain untuk Dybala.

Diminati PSG

MU juga harus mengawasi pergerakan PSG. Kabarnya direktur olahraga mereka, Leonardo telah menjalin kontak dengan rombongan Dybala.

Dia akan kembali ke Italia pertengahan pekan depan dan kemudian akan membahas masa depannya dengan para pemimpin Juventus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Piala AFF 2019: Timnas Indonesia U-15 di Posisi Kedua

Posted: 27 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Pertandingan di Grup A Piala AFF U-15 2019 sudah berlangsung pada Sabtu (28/7/2019). Hasilnya, Timnas Indonesia U-15 dan Timor Leste berhasil meraih kemenangan di laga pembuka.

Timnas Indonesia U-15 mengawali Piala AFF 2019 dengan mulus. Pasukan Bima Sakti secara mengejutkan sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 2-0. 

Gol kemenangan Tim Merah Putih dicetak Muhammad Valeron (40+2') dan Marselino Ferdinan (46'). Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-15 menghuni peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan tiga poin. Adapun Vietnam harus puas menghuni peringkat kelima.

Sementara itu, Timor Leste mengawali Piala AFF 2019 dengan pesta gol ke gawang Filipina. Timor Leste meraih kemenangan 7-1 melalui gol Paulo Freitas 4', 42', 55', 58', Serafin Brito 16', William Vong 53', Alexandro Kefi 56', sedangkan gol hiburan Filipina dibukukan Domic Tom (40').

Kemenangan ini membuat Timor Leste menjadi pemuncak klasemen sementara dengan raihan tiga poin. Timor Leste hanya unggul selisih gol dari Timnas Indonesia U-15 yang punya poin sama. Untuk Filipina, kekalahan ini membuat mereka berada di dasar klasemen.

Pada pertandingan lainnya, Myanmar gagal memetik kemenangan melawan Singapura. Kedua tim harus puas bermain imbang 0-0. Hasil itu membuat Myanmar berada di urutan ketiga. Adapun Singapura berada di bawahnya dengan nilai satu poin.

Berikut ini klasemen sementara Piala AFF 2019, di mana Timnas Indonesia U-15 menghuni peringkat kedua dan hanya kalah selisih gol dari Timor Leste.

Data dan Fakta Piala AFF U-15 2019

Hasil pertandingan Sabtu (27/7/2019)

Vietnam 0-2 Timnas Indonesia U-15

(Valero 40+2', Marselino Ferdinan 45')

Timor Leste 7-1 Filipina

(Paulo Freitas 4', 42', 55', 58', Serafin Brito 16', William Vong 53', Alexandro Kefi 56')

Myanmar 0-0 Singapura

 

Klasemen sementara Piala AFF U-15 2019

Klasemen Grup A Piala AFF U-15 2019. (Bola.com/Dody Iryawan)

Jadwal Pertandingan Besok

Singkatnya jeda antarpertandingan membuat pelatih Bima Sakti bakal melakukan rotasi pemain Timnas Indonesia U-15 saat menghadapi Singapura (28/7/2019). (dok. PSSI)

Jadwal pertandingan Senin (29/7/2019)

Timnas Indonesia U-15 Vs Singapura

Myanmar Vs Timor Leste

Vietnam Vs Filipina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ultah Kemenko Ekonomi ke-53, Ini Harapan Menko Darmin

Posted: 27 Jul 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian hari ini, Minggu (28/7) merayakan hari jadinya yang ke-53 tahun. Perayaan yang berlangsung di Kantor Kemenko Perekonomian tersebut dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Menko Darmin mengawali rangkaian kegiatan acara dengan mengikuti jalan santai dilanjut dengan pelepasan 53 ekor burung merpati sebagai tanda usia Kemenko Perekonomian. Kemudian dilanjutkan dengan atraksi lainnya seperti tari-tarian hingga pementasan kesenian tradisional Reog Ponorogo.

Dia menyebutkan, setiap tahunnya acara ulang tahun kemenko perekonomian memang selalu dirayakan. Namun dia mengungkapkan tahun ini dia merasa berbeda. Menurutnya kali ini merupakan perayaan yang paling meriah dengan persiapan acara yang cukup lama dan matang.

"Setiap tahun ya tidak terlalu beda cuma memang kadang-kadang dibikin lebih ramai. Ya barangkali tahun ini kita barangkali lebih merasa ulang tahun lah dibanding dulu-dulu," kata dia saat ditemui di sela acara, Minggu (28/7).

Darmin Nasution mengungkapkan perayaan kali ini acara yang dibuat lebih banyak dan lebih ramai. Bahkan sudah dimulai sejak beberapa hari lalu dengan adanya beberapa turnamen perlombaan antar divisi.

"Tahun ini barangkali kita lebih punya waktu persiapan walaupun agak dicicil acaranya supaya jangan penuh hari kerja jangan terganggu. Kalau dulu kan satu hari dua hari, kalau ini beberapa hari walaupun ya acaranya cuma magrib sampe jam 8 jam 9 (malam)," ujarnya.

Lebih dari itu, dia berharap perayaan ulang tahun dapat memberi makna yang lebih berarti yaitu mempererat tali silaturahmi antar pegawai di lingkup Kemenko Perekonomian.

"Ya sekaligus juga untuk mempererat hubungan antara satu dengan yang lain. Yang namanya kantor itu ya memang tempat bekerja, tetapi hubungan yang lebih dari sekadar rekan kerja itu susah dan itu hanya bisa didapat dengan situasi seperti ini," tutup Darmin Nasution.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Menko Darmin Ungkap Sulitnya Turunkan Kesenjangan Kaya dan Miskin

Deretan rumah yang berdempetan dengan padat terlihat dari kawasan Jembatan Besi, Jakarta, 5 Juni 2016. Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi memicu berbagai permasalahan, dari tata ruang, kemiskinan hingga kriminalitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia yang diukur oleh gini ratio sebesar 0,382 pada Maret 2019. Angka ini turun sebesar 0,002 poin jika dibandingkan dengan gini ratio September 2018 yang sebesar 0,384.

Penurunan ini juga diikuti oleh tingkat kemiskinan Indonesia pada Maret 2019 mencapai 25,14 juta orang atau sebesar 9,41 persen. Angka ini turun sebesar 0,53 juta orang dibandingkan September 2018 seiring dengan naiknya garis kemiskinan indonesia.

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengaku bahwa tidak mudah dalam menurunkan tingkat ketimpangan atau gini ratio. Kondisi ini berbalik dengan menurunkan tingkat kemiskinan penduduk di Indonesia.  

Menurut Menko Darmin, upaya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan bisa dilakukan dengan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat, otomatis angka kemiskinan bisa menurun.

"Kalau pertumbuhan terjadi biasanya tingkat kemiskinan itu turun tidak susah. Atau pengangguran turun juga tidak susah. Tapi kalau gini ratio turun, nah susah itu," kata Menko Darmin saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Kendati begitu, capaian pemerintah selama ini pun sudah cukup baik sekalipun tingkat ketimpangan hanya turun tipis. "Jadi apa yang sudah dicapai beberapa tahun ini di mana pertumbuhan diiringi dengan penurunan gini rasio itu adalah satu prestasi yang tidak semua bisa melakukannya," jelasnya.

Gini Ratio di Kota Justru Naik

Seorang gadis muda membaca buku sambil duduk di rel kereta api di New Delhi, India, Selasa (16/10). Sekitar 800 juta warga India hidup dalam kemiskinan. (AP Photo/Altaf Qadri)

Berdasarkan data BPS Gini ratio di daerah perkotaan pada Maret 2019 tercatat sebesar 0,392, naik dibanding gini ratio September 2018 yang sebesar 0,391 dan turun dibanding gini ratio Maret 2018 yang sebesar 0,401.

Sementara itu, gini ratio di daerah pedesaan pada Maret 2019 juga tercatat sebesar 0,317, turun dibandingkan dengan gini ratio September 2018 sebesar 0,319 serta gini ratio Maret 2018 yang sebesar 0,324.

Jika dirinci menurut wilayah, di daerah perkotaan angkanya tercatat sebesar 16,93 persen yang artinya berada pada kategori ketimpangan sedang. Sementara untuk daerah pedesaan, angkanya tercatat sebesar 20,59 persen, yang berarti masuk dalam kategori ketimpangan rendah.

Adapun provinsi yang mempunyai nilai gini ratio tertinggi yaitu tercatat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu sebesar 0,423. Sementara yang terendah tercatat di Bangka Belitung dengan gini ratio sebesar 0,269. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

25 Wafat, Jemaah Haji di Arab Saudi Capai 156.505 Orang

Posted: 27 Jul 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Sebanyak 156.505 jemaah haji telah berada di Arab Saudi.  Jemaah haji tersebut berasal dari 388 kelompok terbang (kloter) dari seluruh embarkasi di Indonesia. 25 jemaah diantaranya telah menghembuskan napas terakhir.

Demikian mengutip data Sistem Informasi dan Komputerisasi Data Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Sabtu (28/7/2019), pukul 07.09 waktu Arab Saudi (WAS).

"Total jumlah kloter yang akan diberangkatkan pada musim haji 1440H/2019M ini berjumlah 529 kloter. Ini sudah termasuk tambahan kuota 10ribu jemaah," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Makkah Nurhanudin, Sabtu (27/7/2019).

Sementara jemaah haji yang berada di Makkah sebanyak 358 kloter. Ini terdiri dari 151 kloter dari Jeddah, dan 207 kloter dari Madinah. Dengan jumlah total sebanyak 146.274 jemaah.

"Sisanya merupakan jemaah haji gelombang I yang saat ini masih berada di Madinah untuk menyelesaikan sunah Arbain," tutur Nurhan.

25 Jemaah Wafat

Pemakaman jemaah haji Indonesia. Darmawan/MCH

Adapun berdasarkan data, hingga hari ke-22 operasional haji, ada 25 jemaah wafat. Berikut rinciannya:

  1. Khairil Abbas Salim (BTH 23), usia 62 tahun, wafat pada 8 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  2. Sumiyatun Sowikromo Sutardjan (SOC 2), usia 57 tahun, wafat pada 8 Juli 2019 di pesawat menuju bandara Madinah;
  3. Mudjahid Damanhuri Mangun (SOC 44), usia 74 tahun, wafat pada 9 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  4. Subli bin Muhammad Nasri (BTH 32), usia 61 tahun, wafat pada 11 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  5. Artapiah Armin Musahab (JKG 86), usia 60 tahun, wafat pada 12 Juli 2019 di pesawat menuju bandara Madinah;
  6. Soeratno G Mangun Wiyoto (SUB 45), usia 74 tahun, wafat pada 15 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  7. Ahmad Suparman bin Jubed (JKS 001), usia 53 tahun, wafat pada 17 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  8. Rabiun bin Daliman Arsyad (LOP 006), usia 54 tahun, wafat pada 18 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  9. Supardjo bun Rata Ilyas (JKS 041), usia 76 tahun, wafat pada 20 Juli 2019 di pesawat menuju Bandara Jeddah;
  10. Ahmad Dimyati bin KH Ruhbi (JKS 018), usia 56 tahun, wafat pada 21 Juli 2019 di RSAS Makkah;
  11. Sapan bin Tumanga Loga (UPG 014), usia 69 tahun, wafat pada 21 Juli 2019 di Pemondokan Makkah;
  12. Nasikin bin Sinwan Abdul Salam (SOC 040), usia 63 tahun, wafat pada 21 Juli 2019 di RSAS Madinah;
  13. Muh. Rum bin Rasim Batubara (MES 005), usia 65 tahun, wafat pada 21 Juli 2019 di Pemondokan Madinah;
  14. Hamna binti Nawi Finan (JKG 011), usia 69 tahun, wafat pada 22 Juli 2019, di RSAS Madinah;
  15. Suhari Abu Bin Subari (PDG 014), usia 88 tahun, wafat pada 22 Juli 2019, di RSAS Madinah;
  16. Sirojudin bin Hasan Hamidah (LOP 002), usia 79 tahun, wafat pada 23 Juli 2019 di RSAS Makkah;
  17. Sutrisno bin Suratman Ahmad (SOC 043), usia 54 tahun, wafat pada 23 Juli 2019 di RSAS Makkah;
  18. Rahmat bin Noyan Nasution (MES 006), usia 65 tahun, wafat pada 24 Juli 2019 di Pemondokan Madinah;
  19. Tatik Rahayu Maskat (SOC 59), usia 54 tahun, wafat 25 Juli 2019 di Masjid Makkah;
  20. Fatma Thalib Arilaha (UPG 7), usia 71 tahun, wafat 25 Juli 2019 di RSAS Makkah;
  21. Amin Sutikno Ahmad Karjo (SUB 02), usia 76 tahun, wafat 26 Juli 2019, di RSAS Madinah;
  22. Saleh Saelani Karnadi (SUB 22), usia 84 tahun, wafat 26 Juli 2019, di RSAS Makkah;
  23. Odah Juhe Juhanta (JKS 03), usia 75 tahun, wafat 26 Juli 2019, di Pemondokan Makkah; dan
  24. Saniah Sarkosi Atma (JKS 64), usia 68 tahun, wafat 27 Juli 2019 di pesawat yang mendarat pada bandara Jeddah.
  25. Jamaluddin Bandarik Abdullah dari Kloter Medan 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Haru Restoran Cepat Saji yang Pekerjakan Lansia dan Teman Tuli

Posted: 27 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari kicauan seorang pengguna Twitter, @OhhB_, akhir pekan lalu, cerita restoran cepat saji mempekerjakan lansia dan teman tuli menjelma jadi topik hangat perbincangan warga dunia maya.

Restoran cepat saji yang dimaksud adalah outlet A&W di kawasan Petaling Jaya, Kuala Lumpur, Malaysia. "Cabang restoran cepat saji ini membuat saya salut karena mempekerjakan teman tuli dan lansia," tulisnya sembari menyertakan foto dua orang pekerja.

Keputusan ini, kata si pemilik akun, membuat suasana restoran tersebut jadi lebih hangat. Lebih dari itu, ia sangat salut karena jenis perekrutan tersebut membuat teman tuli dan lansia merasa dihargai dan dibutuhkan jasanya.

"Saya sangat senang melihat langsung mereka bekerja memakai bahasa isyarat. Salute!" tutupnya. Sejak diunggah, kicauan ini telah di-like ribuan kali dan mendatangkan komentar yang terus membanjiri.

Salah satu warganet yang pernah ke cabang restoran cepat saji tersebut mengatakan, saat masuk, dirinya serasa kembali ke tahun 90-an. "Tidak banyak yang main handphone. Konsumen datang dan mengobrol. Saya tak tahu bagaimana hawa di sini bisa berbeda," komentarnya.

Tak Hanya di Satu Tempat

Ilustrasi restoran cepat saji. (dok. pexels.com/@davideibiza)

Tak semata menuliskan betapa mereka terharu, beberapa penghuni jagat maya juga membagikan beberapa lokasi restoran cepat saji yang juga tak segan mempekerjakan lansia dan teman tuli.

Nama yang beberapa kali muncul adalah A&W Overhead Bridge Restaurant in Sungai Buloh, Selangor, McDonald's di Kuala Terengganu, Terengganu, dan KFC in Tanjung Aru, Sabah, Malaysia. 

Di Jakarta sendiri ada salah satu restoran, hanya saja tak berjenis cepat saji, yang semua pekerjanya adalah para teman tuli. Kedai di kawasan Cinere dan berada satu lapak dengan cuci mobil dan motor tersebut bernama Fingertalk Cafe.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Jual Beli NIK dan KK di Media Sosial Tuai Perhatian

Posted: 27 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang tak bertanggung jawab memanfaatkan media sosial untuk melakukan hal yang melanggar hukum. Salah satunya adalah menjual data NIK dan KK.

Berita ini pun menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (27/7/2019) kemarin.

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari pemblokiran konten Kimi Hime yang berpeluang untuk dibuka kembali bila memenuhi syarat dari Kemkominfo.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Waspada, Marak Jual Beli NIK dan KK di Media Sosial

Penjualan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) tak dimungkiri masih terjadi di Indonesia.

Pantauan Tekno Liputan6.com, penjualan semacam ini bahkan tengah marak dan terang-terangan dilakukan di media sosial.

Menyoal masih maraknya aksi tersebut, pakar keamanan siber Pratama Persadha menuturkan hal ini sebenarnya memang tidak boleh terjadi. Namun, saat ini regulasi yang mengatur memang masih abu-abu.

Baca selengkapnya di sini

2. Blokir Konten Kimi Hime Bakal Dibuka Bila Penuhi Syarat Ini

Tiga konten video milik YouTuber gaming Kimi Hime di-suspend (ditangguhkan) dari penonton Indonesia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Pemblokiran akses terhadap konten-konten yang dianggap negatif sebenarnya bukan hanya terjadi sekali.

Kemkominfo sebelumnya pernah memblokir jejaring sosial Tik Tok serta aplikasi pesan Telegram. Namun, keduanya dipulihkan setelah dinilai memperbaiki platform-nya.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Cara Bersihkan Tautan Hasil Pencarian Google Search

Hasil Pencarian dengan Kata Kunci Realme X Spider-Man. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kamu yang sering menggunakan layanan mesin pencari Google Search boleh jadi pernah mengalami hal ini: ketika ingin menyalin langsung tautan hasil pencarian, ternyata tautan tersebut tidak seperti yang kamu harapkan, yakni "kotor" dan panjang.

Misalnya, kamu sedang ingin mencari artikel tentang produk Realme X Spider-Man di Indonesia dan salah satu artikel ingin kamu bagikan langsung ke teman atau keluarga untuk mereka baca adalah artikel Liputan6.com yang beralamat di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjs3I_lhNLjAhWrl4sKHULcC-UQFjAIegQIDBAB&url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ftekno%2Fread%2F4000536%2Frealme-x-edisi-spider-man-dirilis-seperti-apa-penampakannya&usg=AOvVaw3dOSov_FAXNde_mqTd0gxl.

Dari contoh di atas, bisa kamu pahami bahwa "kotor" di sini maksudnya tautan itu memuat karakter-karakter yang tidak diperlukan.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Dapat Oleh-Oleh Dasi Seharga Rp 300 Juta

Posted: 27 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini Hotman Paris begitu akrab dengan kemewahan. Sebagai seorang pengacara, ia memang kerap tampil necis dengan berlian dan mobil sport mewahnya.

Hotman Paris kerap mengunggah foto serta video-video kesehariannya menjalani kehidupan mewah itu ke akun Instagram. Gaya pria 59 tahun ini kerap membuat orang geleng kepala.

Baru-baru ini Hotman Paris kembali membuat takjub warganet dengan harga dasi yang dikenakannya. Dalam video singkat yang di-posting di akun Instagram, Hotman Paris mengatakan bahwa ia sedang mengenakan dasi mahal asal Amerika.

Ia pun membeberkan harga dasi miliknya itu. Dari pengakuan Hotman Paris, harga dasi tersebut mencapai Rp 300 jutaan. Dia sesumbar tak sembarangan orang bisa membeli dasi tersebut.

Buat Janji Sebulan

(Adrian Putra/bintang.com)

Untuk mendapatkan dasi itu, pemilik toko terlebih dahulu harus mendapatkan antrean masuk. Biasanya mereka harus membuat janji satu bulan sebelumnya.

"Lo tahu nggak ini dasi bijan, adanya di Rodeo Drive, Hollywood, Beverly Hills. Ini dasi harganya Rp 300 juta lebih, tapi bukan gue yang beli ini oleh-oleh ama temen," ujar Hotman Paris.

"Kalau Anda lewat di Rodeo Hollywood pasti lihat toko ini untuk bisa masuk harus janji sebulan sebelumnya," tambahnya. (Idho Rahaldi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kondisi Terkini Kawasan Tangkuban Parahu Pascaerupsi

Posted: 27 Jul 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Jumat (26/7) membuat panik sejumlah warga yang sedang berkunjung ke kawasan wisata tersebut. Hingga Minggu (28/7) Tangkuban Parahu masih terlarang dikunjungi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Efek Samping Penggunaan Gel Rambut Berlebihan

Posted: 27 Jul 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan gel rambut bagi pria mungkin sudah menjadi suatu hal yang hukumnya wajib. Hal ini disebabkan karena pria memiliki jenis rambut yang sulit diatur, sehingga memerlukan gel untuk menata rambut. 

Penggunaan gel rambut mungkin bisa membuat seorang pria lebih percaya diri dan tampak rapi. Namun ternyata penggunaan gel rambut secara berlebihan memiliki berbagai efek samping, terutama untuk rambut.

Efek samping penggunaan gel rambut berlebihan bisa merusak rambut. Sebaiknya kamu lebih mengatur waktu dalam menggunakan gel rambut misalnya untuk menghadiri acara tertentu saja. Bila hanya beraktivitas di rumah usahakan tidak menggunakannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/7/2019) tentang efek samping penggunaan gel rambut

Rambut Rontok

Rambut Rontok (Adam Gregor/Shutterstock)

Efek samping penggunaan gel rambut yang pertama adalah dapat membuat rambut menjadi rontok. Hal ini terjadi karena penggunaan gel rambut yang berlebihan bisa membuat akar rambut melemah. Sehingga menyebabkan rambut rontok dan menghambat pertumbuhan rambut.

Gel rambut bisa mengeringkan kulit kepala dan membuat rambut menjadi kasar. Bila tidak ingin rambut menjadi cepat rontok, maka jangan menggunakan gel rambut secara berlebihan. Tentunya kamu tidak ingin mengalami kebotakan pada usia dini hanya karena menggunakan gel secara berlebihan.

Rambut Kering

Rambut Kering (iStockphoto)

Selanjutnya, efek samping penggunaan gel rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Hal ini berkaitan dengan bahan dasar pembuatan gel rambut tersebut.

Kebanyakan gel rambut mengandung alkohol serta bahan kimia keras lainnya. Hal ini dapat menyebabkan rambut kehilangan kelembapannya dan membuat rambut kering.

Ketombe

Ketombe (Sumber: iStockphoto)

Selanjutnya penggunaan gel rambut berlebihan juga dapat menyebabkan ketombe. Hal ini terkait dengan kulit kepala yang mengalami dehidrasi, yang berdampak pada berbagai masalah rambut.

Penggunaan gel rambut yang berlebihan bisa membuat kulit kepala kering dan bersisik sehingga menyebabkan ketombe. Selain itu, gel rambut membuat kulit kepala rentan terhadap kerusakan dan serangan bakteri.

Di saat kamu ingin tampil percaya diri menggunakan gel rambut agar lebih rapi, kamu malah akan terlihat buruk karena ketombe.

Rambut Bercabang

Efek Samping Penggunaan Gel Rambut Berlebihan (Liputan6.com/Pool/Chief Barbershop)

Selain itu, rambut kering, rusak, dan kasar sering menyebabkan ujung rambut menjadi bercabang. Gel rambut cenderung menghalangi nutrisi ke kulit kepala, menghilangkan kelembapan di kulit kepala, dan membuatnya rentan bermasalah.

Dengan begitu, penggunaan gel rambut secara berlebihan lebih baik diantisipasi secepatnya agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

Mengubah Tekstur Rambut

Efek Samping Penggunaan Gel Rambut Berlebihan. (via: istimewa)

Selanjutnya, efek samping penggunaan gel rambut berlebihan dapat mengubah tekstur rambut. Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala dan nantinya membuat rambut berkeriting. Sehingga tekstur rambut mengalami perubahan. Sebaiknya gunakan gel rambut di saat tertentu saja, dimana kamu memang butuh sekali menggunakannya.

Perubahan Warna Rambut

Efek Samping Penggunaan Gel Rambut Berlebihan (pixabay.com)

Efek samping penggunaan gel rambut berlebihan berikutnya adalah menimbulkan perubahan warna pada rambut. hal ini bisa terjadi karena gel rambut akan mengganggu keseimbangan pH kulit kepala dan bahan kimia di dalamnya bisa membuat warna rambut alami menjadi pudar.

Menggunakan gel rambut tidak perlu berlebihan. Cukup menggunakannya di waktu yang memang diperlukan, maka kamu tidak akan merasakan berbagai efek samping yang tidak diinginkan seperti yang telah dijelaskan di atas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpacu dengan Waktu, Capim KPK Berlarian ke Toilet

Posted: 27 Jul 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Uji psikologi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) dilaksanakan selama enam jam di Kantor Gedung Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2019) pagi. Waktu yang terbatas membuat peserta seleksi dituntut sigap, bahkan berlari meski ke kamar mandi.

Pantauan Liputan6.com, sejak pukul 08.30 WIB sampai dengan 10.30 WIB, sudah ada dua kali sesi rombongan Capim KPK keluar ruangan. Mereka menuju satu tujuan yakni toilet.

Ruang kamar mandi dan toilet yang terbatas membuat mereka harus berebut tiba lebih awal untuk buang air kecil. Tak sedikit bahkan rela berlari.

Wakabaraskrim Irjen Antam Novambar terlihat berjalan cepat menuju kamar mandi sambil tangannya dikibas-kibas dan sikunya ditekuk. Sementara Kapolda Sumsel Irjen Firli Bahuri senyum-senyum berjalan santai.

Lain dengan itu, pimpinan KPK Laode M Syarif memilih berlari ke lantai atas melalui tangga. Dia bergegas menuju kamar mandi sambil menggigit pensil.

Capim KPK lainnya pun tergopoh-gopoh meninggalkan kamar mandi, apalagi saat panitia mendatangi mereka lantaran waktu habis.

Psikotes Setaraf Albert Einstein

Sejumlah Capim KPK mengikuti tes psikologi di Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta, Minggu (28/7/2019). Dalam tes psikologi ini diikuti oleh 104 peserta setelah melalui proses seleksi pada tes administrasi.( Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) Yenti Garnasih menyampaikan, ratusan calon komisioner lembaga antirasuah yang mengikuti uji psikologi akan ditantang dengan tes yang juga dilalui oleh ilmuan terbesar abad ke-20, Albert Einstein.

"Tadi kan kita mendengarkan, bahwa ada lembar-lembar yang boleh diisi semuanya, boleh juga (hanya) 10. Karena menurut perhitungan, yang mengisi semuanya hanya Albert Einstein saja," tutur Yenti di Gedung Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2019).

Menurut Yenti, ujian psikotes Capim KPK mencakup dua hal yakni tes kejiwaan dan tes kepribadian. Untuk tes kepribadian, semua peserta wajib mengisi secara keseluruhan.

"Semoga kita dapat cukup (kandidat), karena kan ini masih beberapa tahap. Semoga dapat ya saya berharap semoga bisa di atas 50 orang (yang lolos). Jadi supaya nanti ada tahap selanjutnya kita masih ada sedia orang," katanya.

Uji psikologi ini wajib dilalui oleh seluruh Capim KPK. Jika tidak hadir atau terlambat lewat dari 15 menit, maka dinyatakan gugur.

"Nanti ada (tes selanjutnya) profile assessment, tes wawancara, tes kesehatan jasmani, greeting individual, masih beberapa tes lagi, ada beberapa. Ada lima, ada tracking, kita jalan. Kita so busy you know," Yenti menandaskan.

Pantauan Liputan6.com, para Capim KPK tampak khusyuk menjalani uji psikologi di Ruang Auditorium Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KLB PSSI Tetapkan Komite Pemilihan dan Banding Pemilihan

Posted: 27 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI sudah memutuskan tiga agenda besar di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (27/7/2019) malam WIB. Agenda penting yang berhasil disepakati diantaranya penetapan anggota baru untuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Selain memilih pengurus KP dan KBP, KLB PSSI juga mengesahkan revisi Statuta PSSI. Tiga agenda tersebut adalah pembahasan utama dalam KLB. 

"Pertama kongres telah menyelesaikan tiga agenda besar, revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI, dan penetapan KP dan KBP. Mengenai revisi statuta PSSI, perlu diketahui latar belakangnya arahan dari FIFA untuk pembaruan statuta kami dengan regulasi yang terbaru serta untuk penyempurnaan statuta kami," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

"Ada beberapa poin penting yang perlu diketahui beberapa good governments yang PSSI terapkan yang pertama adalah komitmen sepak bola putri pada pasal 4 statuta, tujuan dan kegiatan PSSI saat ini kami cantumkan untuk ikut memajukan persepak bolaan Indonsesia."

"Kemudian adanya arahan area Komite Independen bahwa saat ini Komite Independen terdiri dari komite audit dan kepatuhan serta Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan dahulunya pada statuta yang lalu tidak ada penyebutan KP dan KBP. Kemudian ada pula mengenai area independensi di mana komite independen diharuskan tidak memiliki hubungan dengan satu di antara anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI atau klub. Jadi anggota independensi juga kami garisbawahi," kata Iwan, menjabarkan.

Salah satu hasil KLB PSSI lainnya adalah membatasi periode anggota Exco PSSI. Mulai masa kepemimpinan berikutnya, anggota yang terpilih maksimal tiga kali menjabat sebagai Exco.

"Kemudian area good governments practice saat ini bahwa adanya masa jabatan Exco tidak lebih dari tiga kali masa jabatan baik berturut-turut," tutur Plt Ketum PSSI itu.

Komite Pemilihan PSSI

Logo PSSI memiliki arti yang wajib diketahui oleh para pecinta sepakbola di Indonesia.

Ketua: Syarif Bastaman

Wakil ketua: Harbiansyah Hanafiah

Anggota: Irawadi Hanafie, Budiman Dalimunthe, Maurice Tuguis, Soedarmaji, Rocky Bebena

Komite Banding Pemilihan PSSI

Ketua: Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing

Wakil ketua: Djoko Tetuko

Anggota: Ponaryo Astaman, M. Nigara, Alfis Primatra

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ria Ricis Pamit dari YouTube, Ini 7 Potret Transformasinya Hingga Sukses Berkarier

Posted: 27 Jul 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta YouTuber Ria Ricis membawa kabar mengejutkan lewat kanal YouTube pribadinya. Pada Sabtu (27/7/2019), adik dari Oki Setiana Dewi itu mengunggah video baru berjudul SAYA PAMIT. Dalam video berdurasi 8 menit 49 detik itu, Ria Ricis mengungkapkan niatnya untuk mundur dari YouTube. 

Ricis pun menegaskan kalau video yang ia buat bukanlah prank karena ia tidak tega mempermainkan fans setianya atau yang biasa disebut The Ricis. Kendati demikian, Ria Ricis tak menyebutkan alasannya mundur dari karier yang melambungkan namanya itu.

Ia hanya menjelaskan dengan singkat bahwa dirinya sedang mengalami masalah yang tak ingin dibagikan kepada para followers setianya. Lebih lanjut, Ria Ricis juga menjelaskan bahwa dirinya tak akan menutup akun YouTube-nya secara permanen. Namun, gadis kelahiran 1 Juli 1995 silam itu mengaku tidak bisa menjanjikan akan segera mengunggah konten baru seperti biasanya.

Seperti diketahui, Ria Ricis menjadi YouTuber wanita nomor 1 di Indonesia. Sejauh ini, kanal YouTube-nya telah meraup subscriber sebanyak hampir 16 juta. Tentu saja kabar pengunduran dirinya sebagai YouTuber begitu mengejutkan publik. Pasalnya, konten videonya selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia, khususnya penggemar setianya.

Bertahun-tahun merintis kariernya lewat YouTube, Ricis dikabarkan berhasil membeli rumah dengan hasil dari jerih payahnya sendiri. Sosoknya yang ceria pun begitu berkesan di hati para penggemar. Untuk itu, berikut Liputan6.com paparkan 7 potret transformasi Ria Ricis hingga sukses jadi YouTuber, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (28/7/2019).

1. Foto lawas keluarga Ria Ricis yang dibagikan oleh sang kakak, Oki Setiana Dewi.

Ria Ricis (Sumber: Instagram/okisetianadewi)

2. Ria Ricis beserta ayah, ibu, dan kedua kakaknya yang tampil kompak dalam foto keluarga.

Ria Ricis (Sumber: Instagram/okisetianadewi)

3. Ini postingan foto pertama Ria Ricis di akun Instagram pribadinya.

Ria Ricis (Sumber: Instagram/riaricis1795)

4. Beranjak dewasa, Ria Ricis bertransformasi menjadi gadis cantik, kreatif, nan sukses lewat hobinya jadi YouTuber.

Ria Ricis (Sumber: Instagram/riaricis1795)

5. Selang belasan tahun dari foto keluarga jadul, Ria Ricis dan kedua kakak perempuannya telah menjelma menjadi wanita yang anggun dan memesona.

Ria Ricis (Sumber: Instagram/riaricis1795)

6. Di usianya yang ke-24, Ria Ricis berhasil menjadi YouTuber wanita nomor 1 di Indonesia.

Ria Ricis (Sumber: Instagram/riaricis1795)

6. Jumlah subscriber kanal YouTube-nya kini hampir menyentuh angka 16 juta!

Ria Ricis (Sumber: Instagram/riaricis1795)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Inter Milan, Diego Godin Tolak MU dan Juventus

Posted: 27 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Bek tengah Inter Milan, Diego Godin mengakui dia sempat mendapat tawaran dari Juventus dan dua klub Liga Inggris, Manchester United serta Manchester City pada musim panas tahun ini.

Godin meninggalkan Atletico Madrid musim panas ini untuk bergabung dengan Inter Milan. Bek Timnas Uruguay ini pergi dengan status bebas transfer.

Dia pun mengungkapkan alasannya lebih memilih berseragam I Nerazzurri ketimbang dua klub Kota Manchester itu. Godin terkesan dengan pendekatan yang dilakukan Inter Milan.

"Inter maju lebih dulu dan dengan tekad lebih dari klub lain. Mereka menjabarkan proyek mereka, yang ambisius, seperti saya. Saya menyukai gagasan membantu Inter mewujudkannya," kata Godin, seperti dilansir Tribal Football.

"Itu benar, saya menerima tawaran dari Juventus, Manchester United, sementara di masa lalu ada juga Manchester City," beber pemain berusia 33 tahun ini.

Istri Orang Italia

Diego Godin mengaku menolak tawaran Manchester United dan Juventus demi bergabung dengan Inter Milan. (AFP/Kiril Kudryatsev)

Namun, kala tawaran dari Manchester City datang, Godin mengaku masih memiliki kontrak dengan Atletico Madrid. Ketika itu, Godin tidak berpikir untuk pergi, namun Juni lalu kontraknya habis bersama Atletico.

"Saya dapat mengatakan bahwa tidak ada klub lain yang berhasil meyakinkan saya seperti Inter. Ditambah istri saya lahir di Cagliari, dia berbicara bahasa Italia dan berusaha membantu saya belajar," tuturnya.

Legenda Cagliari

"Ayahnya adalah Pepe Herrera, yang bermain di Cagliari bersama Enzo Francescoli, jadi kami mengobrol panjang tentang Serie A," beber Godin.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desak Oposisi Bisa Ikut Pemilu, Ribuan Demonstran di Moskow Ditangkap Polisi

Posted: 27 Jul 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan demonstran turun ke jalanan Moskow, Rusia, menuntut agar anggota oposisi diizinkan mencalonkan diri dalam pemilu lokal. Namun, aksi itu berakhir dengan penangkapan para demonstran oleh polisi.

Seperti dikutip dari BBC, Minggu (28/7/2019), sejumlah demonstran diseret menjauh dari balai kota ketika pasukan keamanan menggunakan tongkat membubarkan kerumunan aksi. 

Menurut polisi setempat, ada 1.074 orang ditangkap dalam aksi yang tak mengantongi izin itu.

Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin menyebut demonstrasi itu sebagai "ancaman keamanan". Ia pun berjanji untuk menjaga ketertiban umum di Moskow.

Menurut polisi, sekitar 3.500 orang berkumpul untuk demonstrasi, termasuk sekitar 700 jurnalis.

Polisi Rusia dengan pakaian antihuru-hara mendorong kerumunan dari penghalang di sekitar kantor wali kota di pusat Moskow. Para demonstran kemudian dibawa ke kantor polisi.

Sejumlah pengunjuk rasa terlihat berdarah sementara dua anggota pasukan keamanan dilaporkan menerima cedera mata akibat semprotan merica.

Politikus Oposisi Ditahan

Ratusan Demonstran Tuntut PM dan Presiden Rusia Mundur Ditangkap (AP)

Aksi ini digelar untuk memprotes pengucilan terhadap kandidat oposisi dalam pemilu lokal. Pihak oposisi mengatakan mereka dilarang karena alasan politik.

Beberapa kandidat yang dilarang mencalonkan pada pemilihan 8 September telah ditahan sebelumnya.

Dalam pemilu ini, calon yang didiskualifikasi sekitar 30 orang. Mereka dinyatakan gagal mengumpulkan cukup tanda tangan yang valid untuk mencalonkan diri.

Pemimpin oposisi Alexei Navalny yang juga kritikus sengit Presiden Vladimir Putin, dipenjara selama 30 hari pada Rabu setelah menyerukan demonstrasi yang tidak disetujui.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua DPD RI Apresiasi Prestasi Banyuwangi Dalam Membangun Desa

Posted: 27 Jul 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Akhmad Muqowam mengapresiasi keberhasilan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas yang telah berhasil membangun desa-desa berbasis online. 

"Desa-desa di Banyuwangi sangat luar biasa dalam pelayanan publiknya, waktu pelayanannya ada yang hingga jam 9 malam dan bahkan ada yang 24 jam karena pelayanan berbasis aplikasi dan bisa diakses menggunakan smartphone," kata Muqowam dalam sambutannya di acara Festival Smart Kampung Banyuwangi yang dilangsungkan di Taman Blambangan, Banyuwangi, Sabtu (27/7).

Di lokasi pembukaan Festival Smart Kampung ini para tamu disambut tari Gandrung Banyuwangi. Acara ini juga dihadiri bupati/walikota dari beberapa daerah dari Jawa dan Luar Jawa, misalnya dari Kabupaten Enrekang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Barito Kuala, dan Kota Palangkaraya.

Festival Kampung Smart Banyuwangi ini digelar untuk memberikan apresiasi kepada kepala desa yang memiliki inovasi-inovasi dalam melayani warganya. Dalam pameran ditampilkan desa-desa unggulan yang telah mengimplementasikan pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis internet.

Muqowam mengatakan nuansa kedaerahan dan modern bisa menyatu dengan harmonis dalam pameran di festival smart kampung ini.

"Konsepnya sederhana dengan nuansa alami menggunakan hal-hal yang sifatnya kedaerahan dari musik, tarian dan stand-stand, namun tata kelola desainnya sudah berbasis teknologi internet," ujar Muqowam.

Akhmad Muqowam juga mengapresiasi dan memuji Bupati Banyuwangi atas keberhasilannya membangun Banyuwangi, keberhasilan mensejahterakan Banyuwangi, keberhasilan peringkat prestasi Banyuwangi di tingkat nasional, khususnya menaikkan jumlah wisatawan, baik domestik dan utamanya dari luar negeri.

"Sedari awal Pak Abdullah Azwar Anas saat menjadi Anggota DPR RI, adalah orang yang berkinerja tinggi, kritis konstruktif, dan senantiasa berorientasi pada peningkatan kesejahteraan, dan terbuktilah dikemudian hari, ketika Pak Abdullah Azwar Anas mendapatkan amanah menjadi Bupati, hampir 10 tahun, selanjutnya berbagai ide dan pemikiran kritis tersebut terwujud dalam memimpin dan mensejahterakan masyarakat," tutup Muqowam.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tangkuban Parahu Erupsi, Ini Pesan Kang Emil

Posted: 27 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sampaikan sejumlah pesan pascaerupsi gunung Tangkuban Parahu hari Jumat (26/7) lalu. Apa saja?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Monitor di Bangku Rusak, Garuda Indonesia Dituntut Penumpang Rp 100

Posted: 27 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI), David Tobing, melakukan gugatan terhadap PT Garuda Indonesia (Persero) terkait tidak berfungsinya monitor di tempat duduk pesawat. Garuda Indonesia dituntut memberi ganti rugi sebesar Rp 100.

Gugatan tersebut disampaikan melalui kuasa hukumnya Muhamad Ali Hasan, SH di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor 433/PDT.G/2019/PN.JKT.

Gugatan ini bermula ketika pada Kamis 25 Juli 2019, David selaku penumpang Garuda rute penerbangan dari Pontianak menuju Jakarta merasa dirugikan akibat monitor di bangku tempat duduknya tidak bisa dihidupkan.

Menurutnya, jelas ini melanggar ketentuan Pasal 30 ayat (1) Permenhub 185 Tahun 2015 yang mewajibkan maskapai dengan pelayanan full services untuk menyediakan fasilitas diantaranya berupa media hiburan.

"Sebagai maskapai dengan pelayanan full services, pihak Garuda seharusnya tidak boleh menjual tiket untuk bangku yang monitornya tidak bisa dihidupkan atau rusak," kata David melalui keterangan resminya.

Garuda Indonesia adalah maskapai dengan pelayanan standar maksimum maka sudah menjadi kewajiban bagi Garuda untuk menyediakan fasilitas yang salah satunya berupa media hiburan.

Adapun gugatan yang dilayangkan ke pihak Garuda Indonesia yakni menuntut memberikan ganti rugi materil kepada penggugat berupa 1 buah tiket pesawat kelas ekonomi untuk rute penerbangan dari Pontianak menuju Jakarta dengan media hiburan yang berfungsi dengan baik.

Kemudian juga menghukum Garuda untuk memberikan ganti rugi imateril kepada Penggugat sebesar Rp 100.

 

Tanggapan Garuda

Pesawat Garuda Indonesia terparkir di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). Maskapai penerbangan Garuda Indonesia  mengeluarkan kebijakan terbaru terkait pengambilan gambar ataupun video di dalam pesawat oleh penumpang ataupun awak kabin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menanggapi itu, PT Garuda Indonesia (Persero) mengakui sudah membaca isi laporan yang disampaikan oleh pihak penggugat. Namun, sejauh ini belum menerima panggilan dari pihak pengadilan terkait dengan isi gugatan tersebut.

"Jadi terkait dengan laporan itu kita baca. Terus panggilan mungkin belum kita terima tidak tau apakah senin ini atau kapan keluarnya," kata VP Corporate Secretary Garuda Indoensia, Ikhsan Rosan, saat dikonfirmasi oleh merdeka.com, pada Sabtu 27 Juli 2019.

Ikhsan menyatakan Garuda Indonesia sendiri siap memenuhi panggilan apabila dilayangkan surat resmi dari pengadilan. Pihaknya juga akan mengikuti semua proses di dalam pengadilan termasuk ganti rugi yang diberikan oleh pihak penggugat.

"Kalau sudah ada panggilan baru kita akan menuhi panggilan bagaimana prosesnya kita ikuti," imbuhnya.

Atas ketidaknyamanan tersebut, pihak Garuda Indonesia juga tengah meminta maaf kepada pihak penggugat. Ke depan, Perseroan ke depan berjanji akan melakukan perbaikan apabila ada hal-hal yang dirasa kurang terkait dengan pelayanan maskapai. "Kita mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Mantan Ketua Komisi Penganggulangan AIDS Terbakar Habis

Posted: 27 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palangka Raya - Kebakaran menimpa rumah mantan Ketua Komisi Penanggulangan HIV-AIDS Kalimantan Tengah (Kalteng), Wiliam Katopo, 67, di Jalan Rinjani Palangka Raya. Diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah akibat amukan si jago merah itu.

Tidak banyak barang berharga berhasil diselamatkan. Polisi mengamankan barang bukti berupa dua tabung gas, kompor, dan selang. Kesigapan petugas membuat api tak sampai merembet ke bangunan lain.

Jawapos.com menulis bahwa saat kejadian, di rumah itu ada Wiliam Katopo dan istrinya Mariana Sangkai, 60. Diduga kebakaran itu terjadi karena kelalaian. Sebab, sebelum kejadian, Mariana merebus air mengunakan kompor gas, namun tidak diperhatikan dan ditinggal menyiram tanaman di depan rumah.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, masih menyelidiki penyebab utama kebakaran. Kerugian diperkirakan Rp 400 juta. Tidak ada korban jiwa maupun terluka.

"Pengakuan korban, kebakaran terjadi karena kelalaiannya. Korban baru sadar setelah ada teriakan warga dan api sudah berkobar," kata AKBP Timbul. 

Timbul menuturkan, pihaknya sudah melakukan olah TKP dan menurunkan Tim Inafis dan Reskrim serta mengumpulkan bukti dan saksi-saksi.

"Untuk memastikannya, kami akan menyelidiki, walau diakui kebakaran terjadi karena kelalaian pemilik rumah," kata Timbil.

Sementara itu, Wiliam Katopo mengatakan, api memang berawal dari bagian dapur. Hanya saja, memang diakui sebelum peristiwa terjadi sang istri memasak air dan ditinggal menyiram tanaman.

"Pastinya saya tidak tahu, tapi memang dari dapur," kata William.

Wiliam menambahkan, istrinya saat itu memasak air dan membuatkan kopi serta kembali menyiram tanaman, sehingga tak sadar kompor masih menyala. Sampai ada warga berteriak api sudah membesar dan terjadi kebakaran

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Momen Lucu Driver Ojol Saat Ambil Order Makanan

Posted: 27 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak momen lucu yang kerap dilakukan oleh driver ojek online yang membuat kita tertawa melihatnya. Salah satunya saja momen lucu ketika mereka mengambil orderan makanan.

Artikel tentang deretan momen lucu saat driver ojol ambil order makanan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 5 zodiak yang paling tak romantis.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang 6 tulisan berbahasa Inggris di tukang servis yang bikin ngakak.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Momen Lucu Saat Driver Ojek Online Ambil Order Makanan

Doc: Instagram.com

Selain layanan mengantarkan penumpang, ojek online memiliki banyak layanan lainnya. Memesan makanan lewat ojek online adalah layanan populer lainnya.

Saat mengambil pesanan makanan, sering terjadi momen-momen lucu. Terlebih bila tempat makan atau restoran yang didatangi oleh ojek online itu cukup laris.

Selengkapnya...

2. Tak Mempan Diberi Kode, Ini 5 Zodiak Paling Tidak Romantis

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kita semua ingin dicintai dan dalam banyak hal, melakukan sesuatu yang romantis adalah cara untuk mengungkapkan cinta. Banyak orang menyukai ide romantisme, tapi ada pula yang menganggap itu sesuatu yang membosankan.

Menjadi tidak romantis bukanlah hal buruk. Anda mungkin lebih suka hal-hal yang realistis. Anda bisa menemukan berbagai cara kreatif untuk melakukan hal tersebut.

Selengkapnya...

3. 6 Tulisan Berbahasa Inggris di Tukang Servis Ini Bikin Ngakak

Doc: Instagram.com

Profesi tukang servis bukanlah profesi biasa. Butuh ketekunan dan keahlian dalam memperbaiki barang-barang rusak agar bisa berfungsi kembali.

Demi menarik pelanggan, banyak tukang servis yang membuat spanduk atau tulisan dengan berbahasa Inggris. Lucunya, beberapa spanduk tersebut seringkali keliru. Berikut di antaranya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat Rekor Kiper Termuda Persib, Aqil Savik Bisa Manfaatkan Momentum

Posted: 27 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Saat masuk ke lapangan menggantikan I Made Wirawan di babak kedua dalam laga kontra Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Muhammad Aqil Savik, mencatatkan rekor bersama Persib Bandung.

Aqil Savik menjadi kiper termuda yang pernah melakoni debut bersama Persib sejak era Liga Super Indonesia yang dimulai pada 2008. Tanggal 26 Juli 2019 hari yang tidak akan dilupakan Aqil Savik.

Aqil mematahkan rekor penjaga gawang Persib dengan debut termuda yang sebelumnya dicatat Shahar Ginanjar saat Persib menjamu PSPS Pekanbaru, 27 Februari 2013. Saat itu, Shahar masih berusia 22 tahun, 115 hari.

Usia Aqil ketika debut di Liga 1 2019 baru menginjak 20 tahun 190 hari. Bukan mustahil, itu menjadi momen bagi kiper kelahiran 17 Januari 1999 ini.

I Made Wirawan yang cedera dalam laga kontra Bali United, sehingga Aqil masuk untuk menggantikannya. Kondisi Made belum diketahui pasti kapan akan pulih.

Sementara itu, kiper Persib Bandung lainnya. M. Natshir, lebih dulu naik meja perawatan. Natshir cedera patah kaki ketika Maung Bandung bertandang ke markas Persija Jakarta pada 10 Juli lalu dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2019.

Tetap Kecewa

Kiper Persib Bandung yang juga penggawa Timnas Indonesia U-19, M. Aqil Savik. (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Meski bersyukur dengan kesempatan yang diberikan, Aqil mengaku tetap kecewa dengan hasil di laga debutnya. Sebab Persib harus mengakui keunggulan Bali United 0-2.

"Alhamdulillah, senang sekali pastinya karena saya bisa debut bersama tim kota kelahiran dan kebanggan saya sejak kecil. Tapi kita tahu hasilnya sangat mengecewakan," ungkap Aqil, seperti dilansir situs resmi Persib.

Tak Mau Muluk-Muluk

Mengenai kesiapannya dalam menatap laga selanjutnya, Aqil tak mau muluk-muluk. Ia berjanji bakal memberikan yang terbaik bagi tim Maung Bandung. "Intinya Insya Allah saya siap," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WhatsApp Siapkan Layanan Versi Desktop yang Lebih Mandiri

Posted: 27 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna WhatsApp pasti sudah tidak asing dengan fitur WhatsApp Web. Fitur yang rilis pada 2015 ini memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp melalui PC secara langsung.

Syarat dari fitur ini adalah smartphone dengan akun WhatsApp yang akan diakses di PC tetap harus terhubung dengan internet. Namun dari bocoran terbaru, cara itu dikabarkan bakal diubah.

Informasi ini diketahui dari akun pembocor seputar WhatsApp, yakni WABetaInfo. Melalui akun Twitternya, dia menuliskan bahwa WhatsApp tengah mengembangkan sistem baru dengan Universal Windows Platform (UWP).

Dikutip dari The Next Web, Minggu (28/7/2019), dengan sistem ini, pengguna WhatsApp tidak perlu memastikan internet smartphone-nya aktif agar dapat terhubung dengan versi Web. Jadi, sistem WhatsApp di desktop akan lebih mandiri.

"UWP+ multi platform system baru = kami dapat menggunakan WhatsApp UWP di PC saat smartphone-mu mati (Android, iOS, atau Windows Phone)," tulis akun @WABetaInfo.

Untuk diketahui, UWP merupakan platform aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan dapat bekerja lintas platform Windows, mulai dari PC, tablet, smartphone, hingga Internet of Things. 

Kehadiran fitur ini jelas menjadi angin segar bagi para pengguna aplikasi milik Facebook tersebut. Sebab, mereka tetap dapat mengakses aplikasi WhatsApp secara lebih fleksibel, meski smartphone-nya tidak aktif.

WhatsApp sendiri sebenarnya terbilang agak telat dalam menghadirkan fitur ini, karena Telegram sudah mengadopsi sistem ini lebih dulu. Kendati demikian, menarik untuk menunggu kapan fitur ini akan rilis. 

WhatsApp Bakal Hadirkan Tombol Pemindai QR, Untuk Apa?

WhatsApp. Dok: irishtimes.com

Terlepas dari rencana itu, WhatsApp juga sempat dikabarkan tengah menguji coba fitur bernama pemintas QR Code. Pengembangan ini merupakan bagian dari WhatsApp beta yang dirilis untuk perangkat Android.

Pada Mei lalu, WhatsApp dilaporkan menghadirkan tombol untuk QR Code yang memungkinkan pengguna menambah kontak hanya dengan memindai QR Code.

Tombol ini kabarnya akan tersedia pada WhatsApp beta untuk Android versi 2.19.151. Namun, fitur ini belum akan tersedia untuk publik.

Versi WhatsApp beta 2.19.151 ini selain untuk menambah kontak juga memungkinkan pengguna untuk berbagi Status WhatsApp ke Facebook Story.

Sebelumnya fitur ini sudah terlihat pada November tahun lalu, namun belum tersedia sampai saat ini termasuk pada beta tester.

Belum Ada Informasi Seputar Perilisan

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

Aplikasi lainnya, misalnya LinkedIn dan Instagram telah menawarkan fitur serupa yang juga berbasis QR Code. Masih belum jelas kapan WhatsApp akan menambahkan fitur ini ke seluruh pengguna.

Mengutip laman Gadget 360, Kamis (4/7/2019), berdasarkan cuitan yang diunggah oleh WABetaInfo, WhatsApp beta untuk Android versi 2.19.189 telah menyertakan referensi untuk pintasan QR Code.

Hasil screenshot yang memperlihatkan pintasan QR Code menunjukkan, pengguna WhatsApp bisa memindai dan membagikan QR Code dengan cara mengetap tanda pintasan yang tersedia.

Menurut informasi, fitur ini akan segera tersedia, meski begitu fitur ini tidak akan tersedia pada WhatsApp beta yang baru dirilis.

(Dam/Isk)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Lucu Bayi Gajah Sumatera yang Lahir di Aceh

Posted: 27 Jul 2019 09:00 PM PDT

Seorang dokter hewan memeriksa bayi gajah Sumatera setelah lahir di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Bayi gajah betina tersebut diperkirakan berada di dalam kandungan selama 21 bulan dan lahir pada 24 Juli lalu.  (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang dokter hewan memeriksa bayi gajah Sumatera setelah lahir di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Bayi gajah betina tersebut diperkirakan berada di dalam kandungan selama 21 bulan dan lahir pada 24 Juli lalu. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Bayi gajah sumatera yang baru lahir meminta ibunya bernama Suci (30 tahun) untuk menyusui di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Bayi gajah ini merupakan anak ke dua dari induk Suci. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Bayi gajah sumatera yang baru lahir meminta ibunya bernama Suci (30 tahun) untuk menyusui di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Bayi gajah ini merupakan anak ke dua dari induk Suci. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang dokter hewan memeriksa Suci gajah sumatera (30 tahun) setelah ia melahirkan di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Pada tahun 2014, Suci juga melahirkan anak pertama berjenis kelamin betina bernama Rosa. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang dokter hewan memeriksa Suci gajah sumatera (30 tahun) setelah ia melahirkan di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Pada tahun 2014, Suci juga melahirkan anak pertama berjenis kelamin betina bernama Rosa. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Bayi gajah sumatera yang baru lahir usai menyusui dengan ibunya bernama Suci (30 tahun) untuk menyusui di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Bayi gajah ini merupakan anak ke dua dari induk Suci. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Bayi gajah sumatera yang baru lahir usai menyusui dengan ibunya bernama Suci (30 tahun) untuk menyusui di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Bayi gajah ini merupakan anak ke dua dari induk Suci. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Bayi gajah sumatera yang baru lahir meminta ibunya bernama Suci (30 tahun) untuk menyusui di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Bayi gajah betina tersebut memiliki berat 70 kilogram, panjang 100 cm dan tinggi 90 cm. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Bayi gajah sumatera yang baru lahir meminta ibunya bernama Suci (30 tahun) untuk menyusui di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). Bayi gajah betina tersebut memiliki berat 70 kilogram, panjang 100 cm dan tinggi 90 cm. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Bayi gajah sumatera yang baru lahir  berjalan usai menyusui dengan ibunya bernama Suci (30 tahun) untuk menyusui di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Bayi gajah sumatera yang baru lahir berjalan usai menyusui dengan ibunya bernama Suci (30 tahun) untuk menyusui di Unit Respons Konservasi Alue Kuyun di Meulaboh, provinsi Aceh (27/7/2019). (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alfaro dari DKI Jakarta Jelaskan Alasan Lucu Daftar Paskibraka 2019

Posted: 27 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Paskibraka Nasional 2019, Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar memiliki cerita lucu di balik terpilihnya dia sebagai perwakilan dari provinsi DKI Jakarta.

Siswa SMA Al-Izhar Pondok Labu ini mengaku, sang ayah yang terus meminta agar Alfaro mau mendaftar menjadi Paskibraka 2019

Dia menjelaskan, ayahnya sendiri adalah sosok yang sangat disiplin di rumah.

"Aku itu ga boleh keluar malem. Terus waktu itu harus keluar karena ada acara, aku izin ke ayah. Dia bilang, ya udah kamu boleh keluar, tapi kamu harus daftar Paskibraka Nasional," ujar Alfaro sembari tertawa kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta, Rabu 24 Juli 2019.

Awalnya, Alfaro tidak mau mendaftar Paskibraka Nasional 2019 karena kurang tertarik. Hobinya adalah bermain basket, bukan baris-berbaris.

Saat itu, dia juga sedang sibuk mempersiapkan diri untuk liga bola basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda Developmental Basketball League (DBL). Alfaro pun sempat menolak permintaan ayahnya.

"Akhirnya ayah bilang, iya deh, oke deh, eh tapi tiap hari jadi tetep dijelasin ini (jadi paskibraka). Pokoknya kamu daftar," cerita Alfaro.

 

 

 

Turuit Permintaan Ayah

Calon Paskibraka 2019 dari DKI Jakarta, Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar. (Foto: Liputan6.com/Sammy 'Azmi)

Alfaro akhirnya menuruti permintaan sang ayah karena kerap dibujuk. Iming-iming boleh keluar lebih malam dengan teman-temannya juga membuat Alfaro luluh dan akhirnya mendaftar.

"Aku di Setiabudi daftarnya. Kaget aku, Al-Izhar sendirian," kata Alfaro.

Dia akhirnya belajar bagaimana cara baris-berbaris yang rapi dari ayahnya. Sang ayah pun melatih Alfaro dengan semangat, dan terus mengatakan dirinya yakin Alfaro pasti bisa menjadi Paskibraka 2019. 

Saat lolos ke tingkat nasional, Alfaro mengaku kaget. Menurutnya, doa sang ayah adalah faktor utama dia bisa sampai ke PP-PON Cibubur untuk menjalani Diklat Paskibraka 2019. 

"Waktu aku keterima, ayah bilang, nah kan ayah bilang juga apa," ucapnya.

Sejarah Paskibraka di Keluarga

Calon Paskibraka Nasional 2019 dari DKI Jakarta, Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar bersama dengan ibunya saat berbenah pakaian. (Foto: Liputan6.com/Sammy 'Azmi)

Keinginan ayahnya agar Alfaro menjadi Paskibraka ternyata didasari sejarah keluarga.

"Jadi di keluargaku tuh emang udah ada 5 orang jadi Paskibraka. Nasional 3 orang, pertama kakek Paskibraka pertama tahun 67, mama tahun 91, terus ada paman aku tahun 94 tapi DKI," ujar Alfaro.

Alfaro menegaskan, dia akan berusaha sebaik mungkin untuk berlatih di Diklat Paskibraka 2019. Namun, cowok yang hobi membanyol ini akan tetap membawa senang latihannya.

"Ya aku senang aja bercanda sama temen, mecahin suasana gitu," dia mengakhiri sambil tersenyum.

Saksikan Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Nama Enji di Kartu Identitas Putri Ayu Ting Ting

Posted: 27 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Ting Ting memamerkan kartu identitas anak (KIA) milik putrinya Bilqis Khumairah Razak. Layaknya kartu tanda penduduk (KTP) yang dimiliki orang berusia 17 tahun ke atas, KIA diperuntukkan sebagai tanda pengenal anak.

Ayu Ting Ting yang baru mendapatkan KIA untuk Bilqis tak tahan memperlihatkannya di akun Instagram. Lewat Instastory, Ayu mengunggah kartu identitas anak Indonesia milik Bilqis Khumairah Razak.

"Wah Bilqis punya ini KIA, Kartus Identitas Anak Indonesia, cieee cute banget," Kata Ayu Ting Ting.

Seperti KTP, kartu identitas khusus anak ini juga mecantumkan sejumlah biodata dari si pemilik seperti nama, tanggal lahir, tempat tinggal dan masa berlaku. Namun ada yang sedikit berbeda dari KIA tersebut.

Tanpa Nama Enji

(Sumber foto: ayutingting92/instagram)

Pemilik harus mencantumkan nomor induk kartu keluarga dan nama sang kepala keluarga. Dalam KIA milik Bilqis, nama kepala keluarga yang tertulis ternyata bukan nama Hendri Baskoro, ayah biologis dari Bilqis.

Ayu rupanya mencantumkan nama ayah Ayu Ting Ting, Abdul Rojak sebagai kepala keluarga di kartu KIA milik Bilqis tersebut. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Lepas Gareth Bale, Liverpool Ogah Menampung

Posted: 27 Jul 2019 08:55 PM PDT

Liverpool- Manajer Liverpool Jurgen Klopp masih kagum dengan kemampuan Gareth Bale sebagai pesepak bola. Meski akan dibuang Real Madrid, Bale disebutnya sebagai pemain dengan kemampuan mengolah bola yang luar biasa.

Namun, Klopp memastikan The Reds tak akan mampu menebus Gareth Bale dari Real Madrid. 

Winger Timnas Wales itu santer disebut bakal angkat kaki dari Madrid pada bursa transfer musim panas tahun ini. Pelatih El Real, Zinedine Zidane, sudah tak lagi membutuhkan tenaga si pemain.

Real Madrid juga terus berupaya mencari klub yang siap menampung Bale. Tiga klub Premier League, yakni Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Liverpool berminat mendapatkan tanda tangan pemain 30 tahun tersebut.

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada tawaran resmi yang diajukan untuk menebus Gareth Bale dari Real Madrid. Banderol plus gaji yang terlalu mahal menjadi penyebab transfer Bale sulit terealisasi.

"Bale adalah pemain Real Madrid, sesederhana itu," ujar Jurgen Klopp.

"Jika dia meninggalkan Real Madrid, itu akan menjadi transfer yang sangat mahal, dan Liverpool tidak mampu membelinya. Dia adalah pemain yang luar biasa, tetapi Anda perlu membuat tim, bukan hanya individu," papar Klopp.

Tawaran Menggiurkan dari Klub China

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale tersenyum usai mencetak gol ke gawang Arsenal selama pertandingan International Champions Cup (ICC) 2019 di FedExField, Landover, Maryland (24/7/2019). Madrid menang adu penalti atas Arsenal 3-2 (2-2). (AFP Photo/Jim Watson)

Gareth Bale dikabarkan The Guardian terus didekati klub China, Jiangsu Sunning. Demi bisa merealisasikan transfer tersebut, manajemen Jiangsu menawarkan gaji 1 juta poundsterling (Rp 17,2 miliar) per pekan kepada Bale.

Nilai tersebut jauh lebih besar dibandingkan yang diterima Bale bersama Madrid. Masih terikat kontrak hingga 30 Juni 2022, mantan pemain Tottenham itu menerima bayaran 600 ribu poundsterling per pekan dari Madrid.

Perwakilan Gareth Bale dikabarkan telah berada di China untuk membahas transfer tersebut. Diharapkan, kepindahan Bale ke Jiangsu Suning bisa rampung sebelum bursa transfer di China tutup pada 31 Juli 2019.

Sumber: Football Espana, The Guardian

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Ini Buktikan Keterbatasan Alat Bukan Masalah Serius

Posted: 27 Jul 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan diragukan lagi kreativitas masyarakat Indonesia. Selalu bisa menemukan ide kreatif dari suatu kondisi keterbatasan. Seperti keterbatasan peralatan yang ternyata ada jalan keluar, meskipun hal yang dilakukannya terkesan konyol. 

Seperti tingkah laku guru dan murid ini yang memanfaatkan beberapa barang di kelas untuk selesaikan masalah. Contohnya, guru menggunakan kursi untuk menggaris di papan tulis. Padahal masih banyak barang lain yang bisa digunakan menggaris selain kursi.

Ide kreatif mengatasi sebuah keterbatasan peralatan ini kemudian diabadikan dan dibagikan ke media sosial. Tak disangka, apa yang dibagikan malah ramai dan viral. Banyak yang tidak menyangka dengan tingkah laku nyeleneh tersebut.

Penasaran kan apa saja kelakuan nyeleneh di dalam kelas untuk mengatasi masalah keterbatasan alat? Berikut Liputan6.com rangkum dari postingan Instagram @receh.id, Minggu (28/7/2019).

1. Mungkin guru ini ingin sekalian angkat beban

5 Foto Ini Buktikan Keterbatasan Peralatan Bukan Suatu Masalah (sumber: Instagram.com/receh.id)

2. Dengan bantuan gagang pel, mungkin gambar di papan tulisnya terlihat lebih estetik

5 Foto Ini Buktikan Keterbatasan Peralatan Bukan Suatu Masalah (sumber: Instagram.com/receh.id)

3. Selain untuk membersihkan debu di lantai, sapu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat garis

5 Foto Ini Buktikan Keterbatasan Peralatan Bukan Suatu Masalah (sumber: Instagram.com/receh.id)

4. Tak ada penggaris, ikrak pun tak masalah

5 Foto Ini Buktikan Keterbatasan Peralatan Bukan Suatu Masalah (sumber: Instagram.com/receh.id)

5. Gak kebalik tuh?

5 Foto Ini Buktikan Keterbatasan Peralatan Bukan Suatu Masalah (sumber: Instagram.com/receh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olympic Day Run 2020 Digelar Dukung Perjuangan Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo

Posted: 27 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dipastikan menjadi salah satu kontestan di Olimpiade Tokyo 2020. Sejumlah rangkaian kegiatan pun dilakukan untuk mendukung perjuangan para atlet termasuk Olympic Day Run 2020 yang berlangsung di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (28/7/2019) hari ini.

"Saya ingin menggunakan momen ini untuk mendorong semua masyarakat Indonesia mendukung atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KO), Erick Thohir di sela-sela acara.

Olympic Day Run hari ini diikuti oleh 2020 pelari beserta 15 Olympian dan atlet difabel. Para peserta itu start berlari dari area parkir selatan Gelora Bung Karno dan berakhir di tempat yang sama.

Beberapa atlet nasional yang juga ikut serta dalam Olympic Day Run hari ini adalah Eko Yuli (angkat besi), Berlian Marsheilla (voli), Daniel Wenas (basket), dan Cressida Mariska (soft ball). Total ada 33 cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya berharap, keberhasilan yang luar biasa di Asian Games 2018 dapat terulang kembali di (Olimpiade, red) Tokyo," ujar Erick.

 

Lebih dari Dua Emas

Erick Thohir (Liputan6.com/JohanTallo)

Terkait target medali, Erick mengungkapkan Indonesia paling tidak menargetkan pencapaian lebih baik dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Kala itu, Indonesia meraih dua medali emas.

"Kita harus lebih dahulu duduk dengan cabang olahraga (cabor). Kalau saya maunya dua emas," kata Erick.

Erick menambahkan, bulutangkis dan angkat besi masih menjadi cabang andalan Indonesia untuk meraih medali emas. Pasalnya, atlet-atlet Indonesia dari dua cabang itu telah lolos kualifikasi untuk tampil di Olimpiade 2020.

"Dari bulutangkis dua (medali emas, red), angkat besi satu," ujarnya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capim KPK Jalani Uji Psikologi Setaraf Albert Einstein

Posted: 27 Jul 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) Yenti Garnasih menyampaikan, ratusan calon komisioner lembaga antirasuah yang mengikuti uji psikologi akan ditantang dengan tes yang juga dilalui oleh ilmuan terbesar abad ke-20, Albert Einstein.

"Tadi kan kita mendengarkan, bahwa ada lembar-lembar yang boleh diisi semuanya, boleh juga (hanya) 10. Karena menurut perhitungan, yang mengisi semuanya hanya Albert Einstein saja," tutur Yenti di Gedung Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2019).

Menurut Yenti, ujian psikotes Capim KPK mencakup dua hal yakni tes kejiwaan dan tes kepribadian. Untuk tes kepribadian, semua peserta wajib mengisi secara keseluruhan.

"Semoga kita dapat cukup (kandidat), karena kan ini masih beberapa tahap. Semoga dapat ya saya berharap semoga bisa di atas 50 orang (yang lolos). Jadi supaya nanti ada tahap selanjutnya kita masih ada sedia orang," katanya.

Uji psikologi ini wajib dilalui oleh seluruh Capim KPK. Jika tidak hadir atau terlambat lewat dari 15 menit, maka dinyatakan gugur.

"Nanti ada (tes selanjutnya) profile assessment, tes wawancara, tes kesehatan jasmani, greeting individual, masih beberapa tes lagi, ada beberapa. Ada lima, ada tracking, kita jalan. Kita so busy you know," Yenti menandaskan.

Pantauan Liputan6.com, para Capim KPK tampak khusyuk menjalani uji psikologi di Ruang Auditorium Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara.

 

Latar Belakang Capim KPK

Sejumlah Capim KPK melihat daftar nama di Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta, Minggu (28/7/2019). Tes psikologi ini diikuti oleh 104 peserta setelah melalui proses seleksi pada tes administrasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, dari 104 peserta yang dinyatakan lolos uji kompetensi dan maju ke uji psikologi, 9 di antaranya adalah anggota Polri, 3 orang pensiunan Polri, 7 hakim, 2 mantan hakim, 4 jaksa, serta 2 pensiunan jaksa. Sementara itu, ada pula dari unsur KPK sebanyak 14 orang, dosen 19 orang, advokat 11 orang, hingga auditor 4 orang.

Adapun tiga komisioner KPK periode 2015-2019 yang lolos tahap uji kompetensi yaitu, Alexander Marawata, Basaria Panjaitan, dan Laode M Syarief. Selain ketiga pimpinan KPK, ada juga sejumlah nama internal KPK yang lolos uji kompetensi.

Mereka adalah Plt Sekretaris Jenderal KPK Pahala Nainggolan, Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari, hingga Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono.

Jenderal polri aktif yang lolos capim KPK antara lain, Wakabareskrim Irjen Antam Novambar, Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin, Brigjen Bambang Sri Herwanto dari Sespim Lemdiklat Polri, serta Kepala Biro Penyuluhan Hukum Mabes Polri Brigjen Agung Makbul.

Selain itu, Irjen Dharma Pangrekun, perwira tinggi Bareskrim Polri di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Brigjen M Iswandi Hari yang ditugaskan di Kemenakertrans, dan Irjen Juansih yang kini menjabat Analisis Kebijakan Polri Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Wakil Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani, dan Kapolda Sumsel Irjen Firli Bahuri.

Sementara itu, capim KPK dari Purnawirawan Polri yang lolos dalam seleksi tahap ini adalah, mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar, eks Kapolda Papua Irjen Pol (Purn) Yotje Mende, dan Mantan Staf Ahli Kapolri, dan Irjen Pol (Purn) Yovianes Mahar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 komentar:

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)