Rabu, 10 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Alexis Sanchez Dipastikan Tak Perkuat MU di Tur Pramusim

Posted: 10 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Perth - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer memastikan winger asal Chile, Alexis Sanchez tidak bakal mengikuti tur pramusim. MU dijadwalkan menggelar tur pramusim di Australia, Tiongkok, dan Singapura.

Sanchez dipastikan melewatkan semua tur pramusim Setan Merah, julukan MU. Sebabnya, pemain berusia 30 tahun itu mengalami cedera hamstring.

Masalah itu didapat Sanchez ketika memperkuat Chile melawan Argentina di Arena Corinthians, Sao Paolo, 7 Juli 2019 para perebutan tempat ketiga Copa America 2019. Di laga itu, Sanchez hanya bermain selama 17 menit.

"Saya pikir cedera yang dia (Sanchez) alami tidak terlalu parah. Dia akan kembali bersama skuad tiga minggu setelah pertandingan terakhirnya," kata Solskjaer, seperti diberitakan situs resmi klub.

"Dia akan kembali setelah kami selesai dari tur pramusim. Saya berharap dia cukup fit untuk bermain langsung dan berlatih langsung bersama skuad nanti," ujar manajer MU asal Norwegia itu melanjutkan.

Rugi Besar

Aksi striker Timnas Chile, Alexis Sanchez, pada laga semifinal Copa America kontra Peru di Gremio Arena, Porto Alegre, Kamis (4/7/2019). (AFP/Carl De Souza)

Cedera hamstring tersebut menjadi sebuah kerugian besar bagi Sanchez. Mantan pemain Arsenal itu bakal ketinggalan materi yang diberikan Solskjaer selama pramusim.

Australia menjadi destinasi pertama Setan Merah dalam melakoni pramusim. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer terbang ke Perth, Australia, Minggu kemarin.

Mereka dijadwalkan bermain melawan dua tim, masing-masing Perth Glory dan Leeds United, selama di Negeri Kanguru. Setelah dari Australia, United akan melanjutkan tur pramusim ke Singapura dan Shanghai, Tiongkok.

 

Performa Sanchez

Sejak bergabung dengan MU pada 22 Januari 2018, Sanchez belum memberikan kemampuan terbaiknya. Dia baru mencetak lima gol dan sembilan assist dari 45 pertandingan bersama Setan Merah.

Sanchez juga kalah bersaing dengan winger MU lainnya, seperti Jesse Lingard, Anthony Martial, hingga Marcus Rashford.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Jalan hingga Puskesmas Terimbas Lahar Dingin Gunung Sinabung

Posted: 10 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Karo - Hujan deras melanda Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu, 10 Juli 2019, malam, menyebabkan lahar dingin di kawasan kaki Gunung Sinabung. Aliran lahar dingin ini membuat sejumlah ruas jalan terputus dan puskesmas terendam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin ‎mengatakan, lahar dingin Gunung Sinabung menyebabkan akses jalan terputus, yakni ‎jalan menuju Desa Perbaji, akses utama jalan ke Desa Kutambaru, dan jalan penghubung Tiganderket menuju Kutabuluh.

"Akibat hujan deras di lereng dan seputaran desa sekitar Sinabung. Untuk menuju masing-masing desa saat ini melalui jalur lain atau jalur alternatif," kata Natanail, Kamis (11/7/2019).

Natanail belum mengetahui berapa jumlah pasti permukiman maupun fasilitas publik yang rusak akibat lahar dingin Gunung Sinabung. Saat ini, pihak BPBD Karo masih melakukan pendataan. Natanail memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam ini

"Relawan kita di lapangan menyebut satu unit Puskesmas di Desa Kutambaru terendam lumpur. Juga ada 4 rumah terendam, dan yang lain masih mendata," dia menyebutkan.

 

Pembersihan Material Lahar Dingin

Lahar dingin ‎Gunung Sinabung menyebabkan jalan terputus dan merendam puskesmas. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Terkait banjir lahar dingin Gunung Sinabung, Natanail mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Masyarakat juga diimbau untuk menjauhi seluruh akses yang masuk dalam zona merah Gunung Sinabung, yaitu radius 7 kilometer.

Natanail mengungkapkan, pihaknya bersama ‎TNI dan Polri, relawan, serta masyarakat melakukan gotong-royong untuk membersihkan material yang terbawa oleh banjir lahar dingin ke permukiman warga.

"Kita juga berkoordinasi dengan pihak swasta yang memiliki alat berat untuk pembersihan material banjir lahar dingin," Natanail menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Disamakan, Ini Perbedaan Tahu dan Tofu

Posted: 10 Jul 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat mendengar penyebutan tahu dan tofu, sekilas keduanya tampak sama saja. Dalam bahasa Inggris tahu disebut sebagai tofu, makna tofu pada istilah asing ini mengarah pada segala macam jenis tahu.

Di Indonesia, tofu merupakan salah satu jenis tahu yang juga sering dikonsumsi. Tofu dan tahu memiliki perbedaan dalam segi jenisnya. Meski terbuat dari bahan yang sama yaitu kedelai, tahu dan tofu berbeda mulai dari tekstur, rasa, hingga pengolahan.

Tofu merupkan jenis tahu berasal dari Jepang. Tofu juga bisa disebut dengan tahu sutera. Tahu sutera dan biasa dapat ditemukan dalam konsistensi lunak, sedang, tegas, dan ekstra keras. Mereka dibuat dengan bahan yang sama, tetapi diproses sedikit berbeda dan tidak dapat digantikan penggunaanya dengan tahu lain.

Agar tak salah beli, berikut perbedaan tahu dan tofu yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (11/7/2019).

Proses Pembuatan

Ilustrasi/copyright pixabay.com

Pembuatan tofu tidak seperti tahu biasa yaitu tidak memerlukan pengepresan kedelai selama proses pembuatan tahu. Sebaliknya, susu kedelai dipadatkan dalam wadah terakhirnya. Proses ini menghasilkan tekstur lembut. Salah satu proses terpenting pembuatan tahu adalah kolagulasi.

Kolagulasi atau penggumpalan adalah proses membekukan protein dan minyak dalam susu kedelai. Kolagulan yang berbeda digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis tahu.

Tiga kategori utama kolagulan yang biasa digunakan adalah garam, asam, dan enzim. Mereka dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi. Kalsium sulfat atau GDL (Glucono Delta Lactone) adalah koagulan yang paling tradisional dan banyak digunakan untuk tahu.

Bahan penggumpal kedelai pada tofu berbeda dengan tahu biasa. Tofu menggunakan GDL (Glucono Delta Lactone) dalam jumlah rendah sekitar 0,2 - 0,3 persen dari jumlah susu kedelai yang digunakan. GDL secara khusus digunakan untuk tahu sutra atau lunak karena mengental dengan cepat, memungkinkan tahu sutra dibuat di dalam wadah tanpa celah udara, yang mencegah tahu sutra dari pecah.

Sementara tahu biasa menggunakan GDL dalam jumlah yang lebih tinggi. Penggumpal tahu biasa juga bisa menggunakan bahan penggumpal berupa asam asetat.

Tekstur

Tofu (sumber: iStockphoto)

Tofu bisa hancur dengan sangat mudah. Ini karena proses pembuatannya yang tidak melalui pengepresan dan kadar GDL yang rendah.

Tofu memiliki tekstur yang sangat lembut, halus dan memiliki rasa yang sangat gurih. Tekstur yang lembut dan halus inilah yang membuat tofu disebut dengan tahu sutera.

Berbeda dengan tofu, tahu biasa memiliki tekstur yang lebih padat dan keras. Tahu biasa tidak mudah hancur dan lebih kenyal. Tahu biasa bisa dengan mudah menyerap rasa saus dan kaldu.

Kandungan Air

Tofu (sumber: iStockphoto)

Dilihat dari proses pembuatannya, tofu memiliki kandungan air lebih banyak dari tahu biasa. Tofu tidak seperti tahu biasa, tidak memerlukan pengepresan selama proses pembuatan tahu. Karena tidak melalui proses pengepresan, tofu memiliki kadar air cukup tinggi.

Sementara tahu biasa telah melalui proses pengepresan yang mengurangi banyak kadar airnya. Tahu biasa memiliki ragam jenis seperti tahu putih, tahu kuning, hingga tahu bulat.

Cara Memasak

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Karena perbedaan tekstur dan kandungan air, cara memasak tofu dan tahu biasa berbeda. Saus salad, saus, dan makanan penutup biasanya menggunakan tofu yang diblender atau dihaluskan untuk mendapatkan tekstur yang kental dan lembut.

Tofu juga sering berfungsi sebagai pengganti segala sesuatu mulai dari susu kedelai hingga krim. Campuran, tofu membuat pengganti yang cocok untuk susu dalam banyak resep makanan penutup vegan.

Tahu sutra dalam wadah aseptik memiliki masa simpan hingga satu tahun sebelum dibuka. Sementara tahu biasa harus segera diolah.

Tahu biasa bisa dengan mudah menyerap rasa bumbu dan kaldu dan sering digunakan dalam sup dan semur. Tahu biasa juga bisa digoreng atau dikukus dan memiliki rasa gurih yang lezat.

Manfaat Konsumsi Tahu

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Baik tofu maupun tahu, keduanya memiliki manfaat nabati yang menguntungkan. Tofu dan tahu mengandung protein kedelai yang baik untuk kesehatan.

Tahu dan tofu rendah kalori tetapi tinggi protein dan lemak. Ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Berikut manfaat konsumsi tahu:

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kacang-kacangan yang tinggi, termasuk kedelai, terkait dengan rendahnya tingkat penyakit jantung. Para ilmuwan juga menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Tahu mengandung saponin, senyawa yang diduga memiliki efek perlindungan terhadap kesehatan jantung.

Mengurangi Risiko Beberapa Kanker

Penelitian telah meneliti efek tahu pada kanker payudara, prostat, dan sistem pencernaan. Beberapa penyelidikan klinis dan eksperimental menunjukkan bahwa genistein, isoflavon utama dalam kedelai, memiliki sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kesehatan tulang

Data ilmiah menunjukkan bahwa 80 mg isoflavon kedelai per hari dapat mengurangi kehilangan tulang, terutama pada menopause dini.

Fungsi otak

Isoflavon kedelai memiliki pengaruh positif pada memori dan fungsi otak, terutama untuk wanita di atas 65.

Elastisitas kulit

Mengonsumsi 40 mg isoflavon kedelai per hari secara signifikan mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit setelah 8-12 minggu.

Penurunan berat badan

Dalam satu penelitian, mengonsumsi isoflavon kedelai selama 8–52 minggu menghasilkan rata-rata penurunan berat badan 10 pon (4,5 kg) lebih dari kelompok kontrol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perempuan Lepas Jilbab saat Ihram Haji, Bolehkah?

Posted: 10 Jul 2019 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari calon haji yang merupakan kaum perempuan. Terkadang, perempuan yang sedang ihram haji harus menanggalkan hijabnya untuk berwudu.

Sedangkan, apabila perempuan melepaskan hijab, tandanya ia terlepas dari pakaian ihramnya tetapi belum selesai pada waktunya.

Dilansir dari buku 100 Tanya-Jawab Haji & Umrah karya Yusuf Al Qaradhawi, apabila perempuan sedang berihram, maka dirinya boleh melepas jilbabnya untuk berwudu tanpa perlu merasa berdosa. Bahkan, perempuan yang sedang berihram tersebut boleh mandi.

"Sebab, orang yang sedang berihram boleh mandi dan berganti pakaian," tulis Yusuf dalam bukunya.

Khusus perempuan, dirinya boleh berihram menggunakan pakaian muslim biasa. Perempuan tidak wajib menggenakan sarung atau pun selendang tertentu.

Yang haram untuk dirinya lakukan hanyalah mengenakan wewangian, mengambil sebagian rambutnya baik dengan gunting maupun alat lainnya, dan memotong kuku.

Bahkan ketika menyisir rambutnya, seorang perempuan harus melakukannya secara pelan dan lembut agar jangan sampai rontok rambut satu helai pun.

 

Boleh Usap Sebagian Rambut

Wudu. (muslimah.or.id)

Seorang perempuan boleh menanggalkan jilbabnya untuk berwudu dan mengusap rambutnya saat sedang berihram. Usai wudu, tentu saja ia harus memasang jilbabnya kembali.

Atau pun jika masih khawatir, dirinya juga boleh hanya mengusap sebagian rambut saja lalu meyempurnakannya dengan mengusap kerudung atau jilbabnya kemudian memasangnya lagi dengan benar pada kepala. Ini boleh dilakukan baik dalam ihram maupun di luar ihram.

 

Reporter : Nabila Bilqis

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Bunga Obligasi Ritel SBR007 Lebih Rendah

Posted: 10 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi telah menerbitkan instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR007. Lewat instrumen ini, para investor dalam negeri akan mendapatkan tingkat kupon atau bunga sebesar 7,50 persen.

Kendati begitu, tingkat kupon yang ditawarkan pada instrumen SBR007 ini terbilang menurun apabila dibandingkan instrumen yang sebelumnya diterbitkan pemerintah pada awal April lalu, yakni SBR006, dengan tingkat bunga mencapai 7,95 persen.

Lantas apa yang menyebabkan SBR kali ini lebih rendah dibanding sebelumnya?

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman, mengatakan turunnya tingkat bunga atau imbal hasil SBR007 kali ini dikarenakan peningkatan pangsa pasar yang juga mengalami penurunan. Padahal, tingkat kopon yang diberikan pada tahun lalu bisa mencapai di atas itu.

"Kalau penerbitan kupon itu sangat mudah kita liat aja di secondary marketnya seperti apa kalo dulu bisa sifatnya bisa 8 persen (kuponnya)," katanya saat ditemui di Jakarta, Kamis (11/7).

Di sisi lain, penurunan ini juga disebabkan lantaran ketidakpastian tingkat suku bunga yang diberikan oleh Bank Sentral Amerika Serikat kian menurun. Apalagi ditambah dengan pernyataan Gubernur The Fed yang sempat menyatakan tidak akan menaikkan suku bunga acuan mereka tahun ini.

"Pernyataan The Fed dovish itu kan mengakibatkan adanya penurunan suku bunga atau yield obligasi yang cukup signifikan nah itu dia artinya kan harus kita sesuaikan juga," terangnya.

Sebagai informasi, dalam penawaran ini, pemerintah memberikan tingkat kupon SBR007 sebesar 7,50 persen untuk periode 3 bulan pertama pada tanggal 31 Juli 2019 sampai dengan 10 Oktober 2019. Di mana pembayaran kupon akan dilakukan setiap tanggal 10 setiap bulannya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Terbitkan Obligasi Ritel Baru, Kemenkeu Incar Dana Rp 30 Triliun pada 2018

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru saja menerbitkan Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) dalam bentuk Obligasi Negara Ritel seri 015 (ORI015). Setelahnya, SBN Ritel lain yakni Sukuk Tabungan Negara akan kembali dirilis pada November 2018.

Total, Kemenkeu akan mengeluarkan sebanyak empat instrumen obligasi ritel pada 2018 setelah menerbitkan surat berharga syariah negara (Sukuk) dalam bentuk Sukuk Ritel, serta obligasi simpanan ritel (Saving Bond Retail/SBR) sebanyak dua kali.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kemenkeu, Loto Srinaita Ginting, menargetkan keempat SBN Ritel tersebut dapat memberi pemasukan sekitar Rp 30 triliun.

"Kita rencana 2018 targetnya untuk SBN Ritel Rp 30 triliun. Sekarang sudah tercapai Rp 17 triliun. Jadi sebenarnya ada sisa Rp 13 triliun untuk ORI015 dan Sukuk Tabungan," ujar dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Secara target pendapatan untuk dua SBN Ritel terbaru ini, ia akan menyesuaikan agar keduanya bisa meraih target sisa Rp 13 triliun.

"Menyesuaikan, yang tersisa dari ORI ini berapa. Kalau misal dia demand Rp 11 triliun, tersisa Rp 2 triliun. Tapi kalau demand dari Sukuk Tabungan Negara lebih dari Rp 2 triliun, bisa saja kita upsize," sebutnya.

Untuk penjualan produk ORI 015, Loto mengatakan, investor baru bisa membelinya secara tidak langsung melalui 17 mitra distribusi yang terdiri dari bank umum dan perusahaan efek.

"Kalau secara langsung mengambil kuota nasional. Kalau tidak langsung mengambil kuota mitra distribusi," terang dia. Yang ORI masih secara tidak langsung. Tapi bukan berarti tidak menggunakan online, tapi secara tidak langsung," tutur dia.

Kemenkeu Tawarkan ORI 015

Petugas menata tumpukan uang kertas di ruang penyimpanan uang

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri 015 (ORI015) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis 4 Oktober 2018.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, menjelaskan masa penawaran berlaku hingga 25 Oktober 2018 dan memiliki tingkat kupon 8,25 persen.

"Pemerintah menjamin kupon ini memiliki estimasi selama 3 tahun. Instrumen ORI ini adalah instrumen investasi. Dengan membeli ORI, kita bisa berinvestasi sekaligus membangun Indonesia," kata dia.

Luky melanjutkan, tujuan Kemenkeu menerbitkan ORI ini salah satunya adalah untuk pemenuhan pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

Seri ORI015 ini memiliki nilai nominal sebesar Rp 1.000.000 per unit dengan maksimum pemesanan Rp 3 miliar. Pembeliannya dapat dilakukan di 17 mitra distribusi yang terdiri dari 15 bank umum dan 2 perusahaan efek.

Adapun ORI merupakan instrumen obligasi ritel ketiga yang diterbitkan oleh Kemenkeu. Sebelumnya, surat berharga syariah negara (Sukuk) pertama yang diterbitkan yakni Sukuk Ritel. Selanjutnya, Kemenkeu mengeluarkan suku bunga obligasi simpanan ritel (Saving Bond Retail/SBR) sebanyak dua kali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Kimmy Jayanti Melahirkan Anak Pertama

Posted: 10 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Kimmy Jayanti dan Greg Nwokolo tengah berbahagia. Keduanya baru saja dikaruniai anak pertama yang berjenis kelamin perempuan. Kabar bahagia itu diungkapkan langsung oleh Greg Nwokolo.

Suami Kimmy Jayanti itu memajang foto buah hatinya yang berada di inkubator. Greg Nwokolo pun mengucap suka cita atas kehadiran anak pertamanya dengan Kimmy Jayanti.

"Hello dedre Kimberly Akira Gregory,our join is finally here..we love you..😍😘❤️" tulis Greg Nwokolo dikutip Liputan6.com, Kamis (11/7/2019).

Unggahan Greg Nwokolo ini disambut bahagia oleh para sahabat, baik dari kalangan selebritas maupun atlet.

"Awww congratss greg and kimi 😍" tulis @steviagnecya.

"Selamat papito 😍😘" timpal @gastoncastano32.

"Congrats @kimmyjayanti and @greg11n on your new baby girl 🤗 she's beautiful 💗💫" komentar @kerenina_sunny.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuasa Hukum Bantah Prabowo-Sandiaga Tak Berikan Surat Kuasa

Posted: 10 Jul 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Nicholay Aprilindo membantah kabar bahwa Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tidak mengetahui pendaftaran gugatan kedua ke Mahkamah Agung.

Gugatan itu terkait pelanggaran administrasi terstruktur sistematis dan masif (TSM) pada Pilpres 2019. Surat kuasa ditekan pada 27 Juni 2019 disaksikan langsung Prabowo dan Sandi serta adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo.

"Surat Kuasa No.01/P-S/V/2019 tertanggal 27 Juni 2019 yang ditandatangani secara langsung Prabowo-Sandi di atas materai Rp.6000 dengan disaksikan oleh Hashim Djojohadikusumo selaku Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra," kata Nicholay Aprilindo melalui keterangan tertulis, Kamis (11/7/2019).

Permohonan gugatan tersebut bukan kasasi, melainkan gugatan kedua untuk memperbaiki legal standing pemohon. Pemohon pada gugatan sebelumnya yaitu Djoko Santoso dan Sufmi Dasco Ahmad ditolak MA. Kemudian diubah menjadi pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Selain itu, Nicholay menjelaskan tidak bisa gugatan tersebut dikatakan kedaluarsa karena sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai gugatan Pelanggaran Administrasi Pemilu (PAP).

"Kami sampaikan bahwa dasar hukum pengajuan PAP tersebut adalah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada sebagaimana telah kami uraikan didalam Permohonan PAP kami pada Mahkamah Agung RI. Sehingga tidak bisa dikatakan permohonan tersebut kedaluarsa atau lewat waktu," jelasnya.

Keterangan Andre Rosiade

Diberitakan, anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade menyebut pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tidak pernah memberikan kuasa kepada Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Nicholay Aprilindo Associates untuk mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung terkait pelanggaran administrasi terstruktur sistematis dan masif (TSM).

Cawapres Sandiaga Uno telah dikonfirmasi dan mengaku tidak pernah memberikan kuasa. "Pak Sandi bilang ke Pak (Sufmi) Dasco bahwa tidak ada Bang Sandi untuk memberikan kuasa untuk gugatan yang baru ini," ujar Andre di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pengajuan kasasi itu sudah melewati batas waktu. "Ya tapi kedaluwarsa karena sudah lewat masa waktu," kata Dasco pada wartawan.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kangin Umumkan Keluar dari Super Junior

Posted: 10 Jul 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Kangin mengumumkan satu berita mengejutkan, ia keluar dari Super Junior. Dilansir dari Soompi, Kamis (11/7/2019), ia mempublikasikan pengumuman ini lewat Instagram pribadinya.

"Hatiku terasa berat karena ini bukan berita yang positif, tapi aku mengunggah ini lewat banyak pertimbangan. Aku kini melepas nama 'Super junior' yang telah bersamaku sejak lama," tulis Kangin.

Kangin memang telah lama tak aktif bersama Super Junior, setelah terlibat dalam sejumlah skandal. Salah satu yang paling fatal, adalah kasus menyetir sambil mabuk pada 2016.

Kangin mengatakan sebenarnya sudah lama berniat untuk mundur dari Super Junior. Namun ia merasa tidak enak kepada agensi dan orang-orang yang telah mendukungnya.

Tekad Bulat

Kangin `Super Junior` (Soompi)

Namun, tekadnya untuk mundur bulat setelah melihat dampak negatif yang dihadapi anggota Super Junior.

"Saat melihat anggota [Super Junior] mengalami apa yang tidak seharusnya mereka alami karena masalahku, aku memutuskan hal ini tak bisa ditunda lagi," tulis Kangis.

Ia juga meminta maaf kepada pada penggemar Super Junior yang telah menemaninya selama 14 tahun. "Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada anggota dan agensi yang memperlakukanku dengan baik hingga akhir," kata Kangin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kwik Kian Gie Dipanggil KPK Jadi Saksi Kasus BLBI

Posted: 10 Jul 2019 10:12 PM PDT

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (Menko Ekuin) Kwik Kian Gie tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Kamis (11/7/2019). Kwik diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pemegang saham pengendali Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (Menko Ekuin) Kwik Kian Gie tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Kamis (11/7/2019). Kwik diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pemegang saham pengendali Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri, Kwik Kian Gie tiba untuk memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Kamis (11/7/2019). Kwik dipanggil sebagai saksi untuk kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri, Kwik Kian Gie tiba untuk memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Kamis (11/7/2019). Kwik dipanggil sebagai saksi untuk kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (Menko Ekuin) Kwik Kian Gie tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Kamis (11/7/2019). Kwik diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pemegang saham pengendali Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (Menko Ekuin) Kwik Kian Gie tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Kamis (11/7/2019). Kwik diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pemegang saham pengendali Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (Menko Ekuin) Kwik Kian Gie berada di ruang tunggu Gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/7/2019). Kwik dipanggil sebagai saksi untuk kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (Menko Ekuin) Kwik Kian Gie berada di ruang tunggu Gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/7/2019). Kwik dipanggil sebagai saksi untuk kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi, Pesawat Ruang Angkasa Jepang Bawa Pulang Sampel Asteroid Ryugu

Posted: 10 Jul 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Pesawat ruang angkasa milik badan antariksa Jepang, Hayabusa2, dilaporkan telah berhasil mengambil sampel kedua dari asteroid incarannya, Ryugu, pada Rabu, 10 Juli 2019.

Misi tersebut adalah misi yang diperhitungkan, ketika staf misi berusaha menimbang nilai ilmiah sampel dari bawah permukaan Ryugu. Demikian seperti dikutip dari space.com pada Kamis (11/7/2019).

Dengan demikian, Hayabusa2 hanya tinggal mempunyai satu misi lagi untuk diluncurkan di angkasa luar sebelum 'pensiun' pada akhir tahun.

Manuver berlangsung selama berjam-jam ketika wahana milik Japan Aerospace Exploration Agency's (JAXA) itu perlahan-lahan menurunkan dirinya ke permukaan asteroid Ryugu.

Pada ketinggian di atas 100 kaki (30 meter) di atas permukaan batu, Hayabusa2 berpedoman pada target berbentuk titik yang berwarna putih cerah, yang telah dijatuhkannya selama prosedur persiapan pendaratan.

Penanda itu berada di 65 kaki (20 meter) utara dari situs bekas ledakkan bom tembaga (Small Carry-on Inspector atau SCI) --bom tembaga diledakkan untuk membuat kawah buatan, agar bisa melihat ke bawah permukaan asteroid.

SCI sendiri memiliki berat sekitar 2 kg dan besarnya seukuran bola baseball, The Associated Press (AP) melaporkan, seperti dikutip dari Science Alert, Senin 8 April 2019.

JAXA telah memutuskan bahwa lokasi kedua untuk pengambilan sampel di dalam kawah itu terlalu berbatu dan akan membahayakan keselamatan Hayabusa2.

Akhirnya, sekitar jam 21.15 EDT (08.12 WIB pada 11 Juli), Hayabusa2 mendarat di permukaan Ryugu, menembakkan peluru tantalum ke angkasa luar dan mengumpulkan sedikit puing-puing asteroid.

Serpihan itu harus bersifat istimewa, bukan sembarang batuan ruang angkasa, tetapi bahan murni dari bawah permukaan asteroid dengan pembentukan kawah.

Karena Ryugu tidak memiliki atmosfer atau medan magnet, maka permukaannya mudah terpapar pada semua bahaya ruang. Sinar kosmik dan partikel bermuatan angin matahari yang mengalir dari matahari, menghantam Ryugu, mengubahnya di bagian luar.

Namun di balik pelindungnya, Ryugu mengandung puing-puing yang tersisa sejak kelahiran planet-planet. Itu sebabnya, para ilmuwan Jepang berharap bahwa prosedur yang diterapkan pada hari itu akan membantu mereka memahami bagaimana tata surya terbentuk.

Para peneliti nantinya tidak hanya menganalisis kawah yang dibuat oleh Hayabusa2, tetapi juga memasukkan batu itu ke laboratorium yang ada di Bumi.

Balik ke Bumi pada Desember?

Penampakan asteroid Ryugu yang diabadikan Hayabusa. (Foto: JAXA)

Hayabusa2 dirancang dengan tiga kompartemen untuk penyimpanan sampel. Staf ahli misi ini percaya, dua kompartemen itu sudah menyimpan kepingan Ryugu.

Tetapi sampai pesawat ruang angkasa itu kembali ke Bumi dan para ilmuwan dapat masuk ke dalam sistem penyimpanan sampel, mereka tidak yakin apa yang berada di sana.

Setelah sampel tiba di Jepang, tim akan terlebih dahulu membuang apa pun yang menempel pada sistem operasi Hayabusa2, seperti logam bom dan peluru yang digunakan selama misi.

Sementara itu, JAXA pernah mengalami masalah selama pengambilan sampel pada misi pendahulunya (sebelum Hayabusa2), dan berakhir dengan butiran asteroid yang sangat kecil yang disebut Itokawa, pada tahun 2010.

Namun para ilmuwan masih membuat penemuan lain berdasarkan debu itu. Sebagai contoh, mereka menemukan bahwa ada air di sana dan Itokawa tampaknya dibangun dari reruntuhan yang terbentuk selama tabrakan besar.

Jika Hayabusa2 telah mencapai asteroid yang lebih besar, maka pesawat ini akan mempunyai lebih banyak ilmu pengetahuan terkait kasus tersebut.

Akan tetapi, semua ini harus menunggu sampai Hayabusa2 melakukan perjalanan kembali ke Bumi.

Di samping itu, ada satu tugas lagi yang harus diselesaikan terlebih dahulu: mengerahkan rover kecil, yang disebut MINERVA-II2, pada akhir musim panas tahun ini. Kemudian, pada bulan November atau Desember 2020, Hayabusa2 diperkirakan akan pulang ke Bumi.

Perjalanan Masih Panjang

Visual permukaan asteroid Ryugu berhasil ditangkap oleh robot jelajah Hayagusa2 milik badan antariksa Jepang, JAXA (AFP/JAXA)

Sementara itu pada September 2018, JAXA mendaratkan dua robot yang berhasil melompat ke Ryugu. Ini juga merupakan bagian dari misi Hayabusa2, sekaligus menjadikan Jepang sebagai negara pertama di dunia yang menapaki sebuah asteroid dengan wahana.

Hayabusa2 juga berhasil mendarat di permukaan datar di Ryugu pada Februari kemarin dan mengumpulkan debu dan serpihan Ryugu.

Markoto Yoshikawa, pemimpin misi ini, mengatakan, "Sejauh ini, Hayabusa2 telah melakukan segalanya sesuai rencana, dan kami senang. Tapi kami masih memiliki lebih banyak misi untuk dicapai dan masih terlalu dini bagi kami untuk merayakan dengan banzai."

Banzai adalah seruan tradisional Jepang yang berarti keinginan untuk hidup selama sepuluh ribu tahun lagi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:INTERMEZO : Pesawat Antariksa ini Berpetualang Dua Tahun Tanpa Awak]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wuling Almaz 7-Seater Bocor di Dunia Maya, Siap Dijual?

Posted: 10 Jul 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Almaz 5-seater diluncurkan untuk pasar Indonesia pada Februari 2019 lalu. Kali ini, versi 7-seater sudah bocor di dunia maya. Bahkan, ada konsumen mengaku sudah memesannya.

 

Isu itu diperkuat dengan mulai beredarnya foto-foto unit Almaz versi 7-penumpang di sosial media. Salah satunya diunggah ke grup Facebook Wuling Almaz Indonesia (WALI) oleh pemilik akun Ardyy Lim Cikampek.

Dalam video itu terlihat Almaz versi 7-penumpang ini lebih canggih. Tak hanya memiliki kapasitas yang lebih banyak, sepertinya Almaz 7-penumpang juga memiliki fitur yang lebih komplet dari versi 5-penumpang.

1. Fitur Lebih Canggih

Wuling Almaz 7-seater  (Ardyy Lim Cikampek - Grup Facebook Wuling Almaz indonesia (WALI))

Seperti kembarannya di India yang bernama MG Hector, Wuling Almaz 7-penumpang memiliki fitur voice command alias perintah suara. MG Hector di India bisa merespon 96 jenis perintah suara.

Apakah Almaz 7-penumpang ini juga akan bisa seperti MG Hector? Belum bisa dipastikan.

Hanya saja, dalam video tersebut ada contoh perintah suara yang bisa dijalankan secara otomatis oleh Almaz. Seseorang mencoba membuka sunroof dan menutup kaca jendela melalui fitur voice command itu.

Setelah disebutkan perintah yang dimaksud, fitur tersebut merespon dengan mengulang perintah. Terdengar juga respons penolakan jika perintah suara yang disebutkan tak jelas atau mungkin tak sesuai dengan sistem yang sudah disetel.

2. Sudah Bisa Dipesan

Kabarnya, SUV 7-penumpang ini sudah bisa dipesan. Beberapa pengguna Facebook yang menulis komentarnya mengatakan sudah memesan SUV ini.

"bisa , saya jga spk pertengahan bln juni, dpt info ada 7 seat, sya pending dan dibolehin ma salesnya, akhirnya positif launching, jd lgsg indent yg 7 seat," tulis akun Gunawan Wong.

Dalam grup Facebook WALI itu juga beberapa sales Wuling sudah mulai membuka pemesanan SUV andalan pabrikan Cina itu. Mereka juga terbuka dan siap membantu konsumen yang ingin melakukan test drive.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pangeran Charles Selalu Pakai Bunga yang Sama ke Pembaptisan Cucu-cucunya

Posted: 10 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Didampingi istrinya, Camilla, Pangeran Charles hadir di acara pembaptisan sang cucu, Archie Harrison, di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu, 6 Juli 2019. Dalam sebuah foto yang dibagikan di media sosial, penerus takhta Kerajaan Inggris ini terlihat berdiri tak jauh dari Archie.

Diapit istri dan besannya, yakni ibunda Meghan Markle, Doria Ragland, Pangeran Charles tampak elegan dalam balutan setelan jas biru dongker dilengkapi sentuhan bunga Dianthus Devon Wizard yang kontas berwarna merah muda.

Aksesori ini nyatanya tak pernah absen dikenakan ayah dua anak tersebut di acara pembaptisan cucu-cucunya. Melansir dari Hello, Kamis (11/7/2019), bunga tersebut juga tampak dalam acara pembaptisan Putri Charlotte di 2015 dan Pangeran Louis, tahun lalu.

Bunga ini sendiri diketahui tumbuh di rumah pedesaan Pangeran Charles, Highgrove House. Lelaki 70 tahun tersebut memang dikenal suka aroma dari bunga dan tumbuhan. Harum Dianthus Devon Wizard jadi salah satu favoritnya.

Pembaptisan Putri Charlotte, Pangeran Louis, dan Archie Harrison yang berlangsung di bulan Juli merupakan momen bunga tersebut tengah mekar. Sayang, bunga ini terlihat tak dipakai Pangeran Charles di pembaptisan Pangeran George pada Oktober 2013 lalu.

 

Arti Bunga Favorit Pangeran Charles

Pangeran Charles memimpin upacara Remembrance Sunday 2017 di London (AFP)

Lavender Green Flowers, florist di balik pernikahan saudara perempuan Kate Middleton, Pippa Middleton, menjelaskan, Dianthus dipercaya sebagai representasi dewa-dewa Yunani. "'Dios' berarti Tuhan dan 'anthos' artinya bunga," katanya.

Kendati banyak interpretasi terkait bunga berwarna merah muda ini, satu kepercayaan yang sudah melekat bahwa Dianthus merupakan simbol dari cinta yang tak akan lekang oleh waktu.

Simbol yang dinilai sangat pantas dipakai Pangeran Charles di pembaptisan cucu-cucunya, termasuk Archie Harrison. Ia sendiri merupakan satu dari 25 tamu undangan yang hadir di pembaptisan Archie, akhir pekan kemarin.

Selain Pangeran Charles dan Camilla, anggota keluarga yang juga hadir adalah Pangeran William, Kate Middleton, juga dua saudara perempuan Putri Diana, Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellowes.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Jadi Viral, Ini Cerita Kanwil Kemenag Gresik Markus Firdaus soal Namanya

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Nama Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Markus Firdaus sempat viral pada awal pekan ini. Hal ini lantaran nama Markus dijadikan bahan hoaks dan dikaitkan dengan Pilpres 2019.

Markus menuturkan, namanya menjadi viral di media sosial ketika ada ucapan selamat berupa karangan bunga dari pendeta yang merupakan pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama Gresik. Padahal karangan bunga tersebut bukan hanya berasal dari pendeta saja, tetapi juga bupati.

"Kemudian viral karena diasosiasikan nonmuslim. Ini hanya mispersepsi saja," ujar Markus saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (11/7/2019).

Markus pun tidak mempermasalahkan hal tersebut. Ia mengatakan, karangan bunga tersebut padahal menunjukkan kalau Kementerian Agama itu untuk menangani seluruh umat agama di Indonesia. Hal itu juga menunjukkan Indonesia menerapkan toleransi beragama dan memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Ia mengaku tidak tahu asal mula namanya menjadi Markus. "Saya juga tidak begitu paham kenapa jadi Markus, mungkin dulu di desa Sumenep, mungkin kasih tahu ke guru, jadi Markus," kata dia.

Markus Firdaus menuturkan, kalau dirinya menimba ilmu sejak kecil di Pondok Pesantren Annawari Seratengah Bluto Sumenep Madura hingga tingkat Madrasah Aliyah (SMA).  Lalu melanjutkan kuliah S1 di Universitas Negeri Surabaya atau disebut Unesa.

Sebelum menjadi Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, Jawa Timur, ia pernah menjabat sebagai Kepala Humas Kanwil Kemenag Jatim.

Markus menuturkan, gara-gara namanya tersebut kadang jadi bahan guyonan teman-temannya. Namun, ia tak mempermasalahkan hal tersebut. "Cuma memang gara-gara nama jadi bahan guyonan. Namun sekarang guyonannya terlalu bablas," tutur dia.

Kenalkan, Markus Kepala Kementerian Agama Gresik

Sebelumnya, kursi kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, akhirnya terisi mulai Senin 8 Juli 2019. Sebelumnya kursi itu tiga bulan kosong.

Bertempat di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jatim, Markus Firdaus, Kepala Humas Kanwil Kemenag Jatim dilantik menjadi Kepala Kemenag Kabupaten Gresik. "Mulai pekan depan sudah di Gresik," demikian pesan singkat Markus kepada Radar Gresik (Grup Jawa Pos).

Meski baru menjabat di Gresik, pria asal Bangkalan itu sebenarnya sudah akrab dengan Kota Wali ini. "Istri saya orang Gresik, Tebalo Manyar," kata Markus.

Bagi rekan media di Surabaya dan Jatim, nama Markus tidak asing lagi. Berbagai persoalan yang sering menerpa Kemenag bisa didinginkan Markus. Cara bicaranya tenang dan humoris. Maklum, lima tahun lebih, Markus didapuk dalam bidang kehumasan dan media di Kanwil Jatim yang beralamat di Juanda Sidoarjo.

Sejarah Nama Markus

Markus suka bercerita asal mula namanya. "Nama saya sebenarnya Mahrus Firdaus, tapi dulu guru MI (Madrasah Ibtidaiyah) salah menulisnya, tertulis Markus. Sampai sekarang ya jadi Markus," ungkapnya.

Setelah pindah ke Gresik, Markus akan langsung bekerja. Ia ingin memperbaiki dan menyelesaikan proses administrasi yang sempat berhenti di Kemenag Gresik.

"Sistem birokrasi dan pelayanannya akan kami perbaiki lagi. Apalagi sudah mulai memasuki musim haji," ungkap Markus.

Sekadar diketahui, sebelumnya mantan Kakandepag Gresik M Muwafaq Wirahadi ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus jual beli jabatan.

Saat ini, Muwafaq menjalani sidang di Tipikor Jakarta bersama Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. Kedua orang itu diduga sebagai pihak yang memberi suap kepada Ketum PPP yang juga anggota DPR RI Romahurmuzi.

 

Hoaks

Gara-gara namanya berbau Kristen, Markus dijadikan bahan hoaks, dikaitkan dengan Pilpres 2019. Markus disebut sebagai Kepala Kemenag dari Kristen. Sudah begitu, dapat karangan bunga dari pendeta lagi.

"Saya sejak MI kelas 3 sudah mondok di Pondok Pesantren Annawari Seratengah Bluto Sumenep Madura sampai tingkat Madrasah Aliyah (SMA), dan kemudian melanjutkan kuliah S1 di Universitas Negeri Surabaya (IKIP)," kata Markus, seperti dilansir Duta.co.

Di laman Facebook isunya digoreng lantaran ada karangan bunga, ucapan selamat dan sukses atas 'dilantiknya Bapak Markus SPd, MPd sebagai kepala kantor Kemenag Gresik dari Pdt. Hendry Hariyono, MTh dan Jemaat Gereja Kemah Tabernakel'.

Kendati menjadi korban perisakan, Markus mengaku tidak mempersoalkan.

"Orang yang mempertanyakan itu wajar karena dari sisi nama seperti itu. Tapi mudah-mudahan kalau sudah kenal akan memahami siapa saya, bagaimana komitmen saya dengan toleransi. Kita semua pasti ingin aman dan nyaman," katanya.

Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada orang yang mengirim karangan bunga ucapan tersebut walaupun ia tidak kenal.

"Kita harus saling menghormati dan menghargai demi kemajemukan bangsa tercinta ini, makanya sepatutnya tetap menghormati semua umat beragama, suku dan keberagaman harus tetap kita jaga untuk ke Indonesiaan kita bersama," harap pria asli Sumenep ini.

"Kita harapkan dengan adanya kepala kantor Kemenag Kabupaten Gresik yang saya pegang sementara ini, bisa membawa kebaikan. mohon untuk didukung semua pihak untuk kebaikan Depag dan kebaikan kita bersama terutama warga Gresik," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bubu dan Mantra Penangkap Ikan Legendaris Gorontalo

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Perkembangan Teknologi penangkap ikan yang kini semakin pesat membuat nelayan makin mudah untuk mendapatkan ikan. Mulai dari alat pendeteksi keberadaan ikan hingga alat tangkap yang kesemuanya menggunakan kecanggihan teknologi.

Namun, lain halnya yang dengan nelayan yang ada di Gorontalo. Tepatnya di Desa Bulango Raya, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara yang hingga kini masih mengunakan alat manual dan masih sangat tradisional.

Alat tangkap tersebut bernama "igi" atau dalam istilah nelayan Gorontalo disebut Bubu yang artinya perangkap ikan. Uniknya, selain alatnya masih tradisional, bahan baku alat ini juga mudah didapat. Namun demikian penggunaan alat ini tidak sembarangan, harus menggunakan mantra khusus.

Bahan baku alat tersebut hanyalah sebuah bambu yang dianyam dan dirangkai sedemikian rupa hingga menjadi sebuah perangkap ikan yakni bubu, yang hingga kini masih digunakan oleh sebagian nelayan Gorontalo Utara.

Meski begitu, pembuatan alat tangkap ikan tradisional ini tidak mudah. Karena harus melalui proses yang panjang. Mulai dari cara pengambilan bahan baku hingga ritual-ritual khusus yang harus dilaksanakan.

Seperti halnya mengambil bambu. Bambu diambil di waktu pagi saat matahari terbit. Saat menebang bambu tersebut, seorang harus membacakan salat nabi sembari menebang pohon bambu tersebut.

"Tidak sembarang mengambil bambu ini, karena harus membaca doa, minimal membacakan sholawat nabi saat awal menebang pohon bambu tersebut," tutur Wahab Kadir kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

 

Mantra Khusus

Tak hanya sampai disitu, saat setelah bambu diambil barulah proses pembuatan pun dimulai. Bambu yang diambil tadi kemudian dibelah menjadi beberapa bagian kecil yang kemudian bambu tersebut diraut hingga halus.

Setelah proses perautan selesai, barulah dilanjutkan proses penganyaman dimulai. Bambu yang telah diraut tadi kemudian dianyam sedemikian rupa dengan membentuk pola yang diinginkan hingga bubu tersebut selesai dan siap dipakai.

"Untuk pembuatan terbilang cukup mudah. Akan tapi untuk menggunakan alat ini juga harus melalui ritual khusus dan waktu yang tepat, karena alat ini merupakan perangkap ikan-ikan dasaran yang memiliki kedalaman laut 20-30 meter," kata Wahab.

Menurutnya, perangkap ini tidak mengunakan umpan sama sekali. Namun mengunakan mantra khusus yang membuat ikan itu masuk perangkap itu. Sedangkan untuk mengunakan alat ini ada waktu-waktu tertentu yang menurut mereka itu adalah hari yang baik.

"Pengunaan alat tangkap ini harus pada hari yang baik, penangkap ini tidak mengunakan umpan, namun ada mantra yang kami gunakan, mantra ini merupakan warisan leluhur kami hingga saat ini masih kami gunakan, nah dengan mantra inilah sebagai pemancing ikan masuk dalam bubu," ungkapnya.

Seiring berjalanya waktu, pengunaan bubu dari yang berbahan bambu mulai ditinggalkan, para nelayan mulai mengunakan bubu yang terbut dari pipa paralon yang proses pembuatan dan pemakaian sama dengan bubu mengunakan bambu.

"Kami sudah tidak mengunakan bubu yang berbahan bambu, serakang sudah beralih ke pipa paralon yang proses pengerjaanya sama dengan anyaman mambu. Karena kalau bambu hanya sekitar 4 bulan digunakan pasti mudah rusak, namun kalau mengunakan pipa, itu sampai 2-3 tahun pemakaian. Untuk proses penangkapan ikan tetap sama, mengunakan mantra," Wahab menandaskan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google AI Mampu Atasi Masalah Sampah hingga Prediksi Banjir

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Bagi kebanyakan masyarakat di berbagai negara, AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan adalah sebuah teknologi baru.

Namun bagi sebagian, teknologi ini sudah diadopsi oleh berbagai perusahaan teknologi di dunia. Salah satunya adalah Google.

Bertempat di kantor Google Jepang, Jeff Dean, Senior Google Fellow dan Head of Google AI, mengungkap sejumlah informasi terkini tentang pengembangan AI yang dilakukan perusahaan.

Tak hanya digunakan untuk sejumlah layanan Google, raksasa mesin pencari itu juga menggagas sebuah program yang dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah besar di masyarakat.

"Kami (Google) percaya AI dapat membantu mengatasi sebagian besar masalah sosial, atau berbagai bidang yang mungkin kalian tidak duga sebelumnya, seperti kesehatan, lingkungan hidup, dan agrikultur," ucap Jeff saat membuka perhelatan Google Solve with AI di Tokyo, Jepang kepada Tekno Liputan6.com, Rabu (10/7/2019).

Dibantu dengan semakin canggih teknologi machine learning dan pesatnya perkembangan AI, kita sudah melihat bagaimana para ahli memecahkan masalah di dunia nyata.

 

Kelola Sampah dengan AI

Febriadi Pratama, Co-founder Gringgo Indonesia Foundation saat di acara Google Solve with AI. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Salah satu masalah lingkungan yang menjadi sorotan dalam gelaran Google Solved with AI ini adalah bagaimana startup asal Indonesia, Gringgo, mengatasi masalah sampah.

"Sampah adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh kebanyakan warga Indonesia. Mengandalkan AI, kami ingin membantu pemulung mengenali berbagai jenis limbah sampah lebih cepat berbekal smartphone," ucap Febriadi Pratama, Co-founder Gringgo Indonesia Foundation.

Febriadi mengungkap, permasalahan sampah di Indonesia mencakup bagaimana masyarakat umum masih kurang menghargai tukang sampah, dan mereka memiliki penghasilan di bawah rata-rata.

"Selain itu, banyak kota di indonesia saat ini tidak memiliki layanan pembuangan sampah yang mencukupi. Hal ini tentunya bakal berdampak ke banyak sektor, seperti pariwisata hingga banyak hewan di sekitar tumpukan sampah bakal keracunan."

Ia menjelaskan, "Bekerja sama dengan Datanest (startup di bidang layanan data dan data science), kami ingin membantu pemulung lebih efektif memungut sampah di berbagai lokasi desa di Bali dengan cara mendata waktu dan rute mereka saat memungut sampah lewat aplikasi yang kami kembangkan."

"Tak hanya itu, kami juga ingin masyarakat juga ikutan memakai aplikasi ini untuk membuat lingkungan sekitar lebih bersih."

 

Prediksi Bencana Banjir

Jeff Dean, Senior Google Fellow dan Head of Google AI, saat membuka acara Google Solve with AI di Tokyo. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Lebih lanjut, Google juga meng-update informasi sistem informasi bencana berbasis AI.

Saat ini, Google mengembangkan teknologi AI yang dapat memprediksi bencana banjir di India.

"Berbekal gambar beresolusi tinggi yang diambil dari satelit, dan data yang didapat dari alat pengukur ketinggian air di sungai, algoritma AI dapat memprediksi kapan banjir akan melanda," ungkap Sella Nevo, Google AI software engineering manager, Sella Nevo.

Ia menambahkan, "Berbekal informasi yang dikumpulkan dan diolah, kami dapat memperingati penduduk dan melindugi mereka."

"Tak hanya itu, kami juga bekerja sama dengan pihak pemerintah terkait untuk memastikan mereka mendapatkan informasi bencana dan bertindak lebih cepat."

Berdasarkan data Google, ada sekitar 250 juta orang di seluruh dunia terkena dampak banjir, juga menelan biaya miliaran dolar untuk kerusakan.

"Program pilot prediksi bencana banjir yang berjalan di Patna, India saat ini mencapai akurasi peringatan (alerts) 95 persen dan tepat sebanyak 90 persen."

Untuk menyebarkan informasi bencana banjir, Google mengandalkan platform mereka, seperti Google Search, Maps, dan perangkat berbasis Android.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Ini Perluas Ekspor Kantong Belanja ke AS

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia kemasan karton dan kantong belanja, PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk, resmi melantai di bursa hari ini, Kamis (11/9/2019). Perusahaan dengan kode saham SMKL ini melepas 650 juta lembar saham dengan nilai Rp 328 per lembar.

Lepas menyatakan go public, perusahaan berencana akan membangun pabrik lokasi baru. Sebagai informasi, saat ini produksi dilakukan di pabrik Tangerang.

Direktur utama SMKL Ang Kinardo menyatakan pembangunan pabrik baru di lokasi yang dinilai potensial ini belum memiliki target pasti.

"Masih dicari, mudah-mudahan kita bisa dapat di Jawa Tengah. Kenapa potensial, itu rahasia dapur," ungkapnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (11/7/2019).

Selain membangun pabrik, perusahaan juga berencana akan memperluas wilayah bisnis dengan menjadi pemasok kantong belanja untuk toko ritel terkemuka di Amerika Serikat, Walmart. SMKL dilaporkan telah mengirimkan 150 kontainer bernilai USD 10 juta tahun ini.

Ang menyatakan SMKL bukan single supplier, karena akan sangat berat memenuhi kebutuhan untuk kemasan produk perusahaan. Namun, ekpansi ini diharapkan bisa membuat perusahaan terus berkembang dan mengukuhkan eksistensinya.

Hingga saat ini, SMKL telah melebarkan lini usahanya dengan merambah ke layanan baru berupa penyewaan truk dan logistik. Sementara, klien perusahaan ini berasal dari sektor consumer dan teknologi, mulai dari Adidas, Indofood, Mayora, Unilever, Lenovo, Oppo dan lainnya.

Investor Asing Borong Saham, IHSG Dibuka Naik ke 6.430,19

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,33% atau 18,94 poin ke level 5.693,39, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat pada pembukaan perdagangan saham Kamis pekan ini. Investor asing beli saham Rp 21 miliar di pasar regular. 

Pada pra pembukaan perdagangan, Kamis (11/7/2019), IHSG menguat 13,94 poin atau 0,22 persen ke posisi 6.424,62. Pada pembukaan pukul 09.00 waktu JATS, IHSG masih menguat dengan naik 22,34 poin atau 0,31 persen ke posisi 6.430,19.

Sementara itu, indeks saham LQ45 naik 0,21 persen ke posisi 1.027,80. Sebagian besar indeks saham acuan menguat. Hanya ada dua indeks saja yang tertekan yaitu JII dan Pefindo25.

Sebanyak 141 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Selain itu 46 saham melemah dan 97 saham diam di tempat.

Pada Kamis pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.434,90 dan terendah 6.421,85.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 29.741 kali dengan volume perdagangan 1,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 357,5 miliar.

Investor asing beli saham Rp 21 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.095.

Sebagian besar sektor saham menghijau. Sektor saham tambang naik 0,75 persen, dan memimpin penguatan. Disusul sektor saham keuangan menanjak 0,52 persen dan sektor saham kontruksi menguat 0,50 persen.

Saham-saham yang menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau antara lain SMKL melonjak 69,95 persen ke level Rp 188 per saham, ARKA mendaki 24,86 persen ke level Rp 442 per saham dan BLUE naik 24,56 persen ke angka Rp 426 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham PAMG turun 9,60 persen ke posisi Rp 320 per saham, saham GOLD merosot 8,81 persen ke posisi Rp 290 per saham, dan saham KIOS turun 8,70 persen ke posisi Rp 630 per saham.  

Prediksi Analis

Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2018 di Kantor BEI, Jakarta, Jumat (28/12). Presiden Joko Widodo atau Jokowi menutup langsung perdagangan IHSG 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

IHSG diperkirakan akan melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Kamis (11/7/2019). Secara teknikal, Analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Nafan Aji Gustama menilai, pergerakan indeks mengindikasikan adanya sinyal ke zona hijau.

"Pola three outside up candlestick pattern menunjukan potensi bullish continuation (penguatan lanjutan). Sehingga indeks berpeluang menuju ke area resistance," tutur dia dalam risetnya di Jakarta.

Selain itu, Nafan menjelaskan, berdasarkan indikator, MACD histogram kini sudah berada di area positif. Artinya, IHSG kini memiliki peluang untuk kembali perkasa. 

Seirama, Analis PT Artha Sekuritas, Dennies Christoper Jordan berpendapat IHSG akan bergerak positif. Namun, penguatan indeks menurutnya hanya bersifat sementara.

"Secara teknikal, indikasi penguatan IHSG masih dalam jangka pendek ya," katanya.

Adapun Artha Sekuritas memprediksi indeks akan ditutup pada teritori positif dengan diperdagangkan di kisaran 6.398-6.418.

Pada hari ini, pihaknya menyarankan investor mempertimbangkan saham PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), PT XL Axiata Tbk (EXCL), hingga PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

Sedangkan Nafan Aji merekomendasikan saham PT JAPFA Tbk (JPFA), PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA), dan PT H.M Sampoerna Tbk (HMSP). 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kasus 'Ikan Asin', Galih Ginanjar Resmi jadi Tersangka

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Galih Ginanjar resmi ditetapkan jadi tersangka kasus pencemaran nama baik. Galih dilaporkan ke polisi oleh mantan istrinya Fairuz A Rafiq karena ucapan ucapan bau ikan asin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geli Banget, 10 Potret Bekal Makanan Ini Dijamin Bikin Nafsu Makan Hilang

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain rasa, nampaknya penyajian makanan yang menarik memiliki peranan penting dalam meningkatkan nafsu makan seseorang. Ya, makanan yang dihias dengan cantik atau ditata dengan rapi tentu akan menggugah selera orang yang melihatnya.

Berbeda jika makanan disajikan secara berantakan dan asal-asalan. Tak hanya bikin malas makan tapi bisa juga bikin orang justru mual melihatnya.

Jika kalian sering melihat kreasi bekal makanan yang cantik dan unik, apa kalian sudah pernah melihat kreasi bekal yang menyeramkan sekaligus bikin geli?

Deretan bekal tersebut selain bikin geli juga sepertinya bisa membuat anak kecil menangis ketika melihatnya. Seperti apa ya? Yuk kita intip.

Duh seram sekali ya

foto: lostbird.vn

Kalian berani makan bekal ini?

foto: lostbird.vn

Sausnya nampak seperti air mata darah ya

foto: lostbird.vn

Siapa yang mau makan 'jari-jari' itu?

foto: lostbird.vn

Mungkin aslinya rasa makanan ini enak

foto: lostbird.vn

Lihat bulu hidungnya kok jadi jijik ya

foto: lostbird.vn

Kira-kira rasa nasi ini seperti apa ya?

foto: lostbird.vn

Mirip Pikachu, tapi kok seram

foto: lostbird.vn

Kalau anak kecil lihat bekalnya seperti ini pasti langsung menangis

foto: lostbird.vn

Bikin nggak nafsu makan deh

foto: lostbird.vn

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menumpang Kendaraan Rantis, Perasaan Gelandang Asing Persib Campur Aduk

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung Rene Mihelic baru saja melakoni laga penuh gengsi melawan Persija Jakarta pada pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar. Laga ini menghadirkan kesan tersendiri bagi pemain asal Slovenia itu.

Salah satu yang berkesan bagi pemain Persib bernomor punggung 82 itu adalah menumpang kendaraan taktis (rantis) lapis baja menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta dan kembali ke hotel tempat menginap. Menurut Mihelic, hal itu menjadi pengalaman yang unik dan tidak biasa bagi dirinya.

"Ini pertama kalinya saya menumpang kendaraan perang menuju stadion. Tentu ini membuat saya heran sekaligus kagum," kata Mihelic usai laga seperti dikutip dari laman resmi Persib.

"Karena dengan atmosfer tinggi, menggunakan kendaraan ini sepertinya sangat penting untuk antisipasi keselamatan," imbuhnya.

Meski demikian, Mihelic berharap tradisi menumpang rantis bisa perlahan untuk dihilangkan. Menurutnya, sepak bola adalah permainan yang mengutamakan sportivitas.

"Kita harus respek terhadap sesama. Semoga nanti kita bisa menonton pertandingan sepakbola dengan rasa gembira dan nyaman. Tapi, jika ini diperlukan untuk keamanan sebaiknya diikuti saja," ucap pemain yang baru musim ini bermain untuk Persib.

 

Imbang

Pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak Artur Gevonrkyan ke gawang Persija Jakarta pada laga Shopee Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Rabu (10/7). Persija bermain imbang 1-1 atas Persib. (Bola.com/Yoppy Renato)

Laga Persib kontra Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019), berakhir 1-1. Tim Macan Kemayoran unggul lebih dulu di menit ke-75 melalui sundulan Marko Simic usai menyambut umpan sepak pojok Riko Simanjuntak.

Namun, dua menit kemudian Persija harus bermain dengan 10 pemain setelah Novri Setiawan diganjar kartu merah karena tindakan tidak sportif. Ia menendang bola secara sengaja kepada striker Persib Ezechiel N'douassel.

Unggul jumlah pemain benar-benar dimanfaatkan Persib. Maung Bandung akhirnya dapat menyamakan skor di masa injury time lewat sepakan Artur Gevorkyan usai memanfaatkan kemelut di depan mulut gawang.

 

Klasemen Shopee Liga 1

Klasemen Liga 1. (Soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galih Ginanjar Jadi Tersangka, Dijemput Polisi Jam 4 Subuh di Hotel

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain Rey Utami dan Pablo Benua, Galih Ginanjar juga telah dinaikkan statusnya menjadi tersangka. Ia diduga melakukan pencemaran nama baik melalui ITE terhadap Fairuz A. Rafiq.

Setelah ditetapkan menjadi tersangka, tim Reskrimsus Polda Metro Jaya langsung menjemput Galih Ginanjar. Ia dijemput pukul 04.00 WIB di sebuah hotel.

Saat dijemput, Galih Ginanjar pun tak melakukan perlawanan. Ia bersikap kooperatif terhadap petugas kepolisian.

"(Saat dijemput) Langsung berangkat. Kita kan dari awal sudah bilang Galih akan sangat kooperatif untuk mengikuti semua proses hukum di Polda," ucap pengacara Galih Ginanjar, Rihat Hutabarat, saat dihubungi (11/7/2019).

Belum Ditahan

(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun Galih Ginanjar tidak ditahan. Ia dijemput kembali ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan terkait statusnya sebagai tersangka.

"Sesuai informasi dari Barbie Kumalasari memang jam 4 pagi dijemput ke hotel untuk diminta keterangan tambahan," sambung Rihat Hutabarat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahang Kram Saat Menguap, Apakah Salah Syaraf? Ini Kata Dokter

Posted: 10 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda mengalami kram? Biasanya hal tersebut dapat terjadi kapanpun, misalnya saat sedang berjalan, berenang, bahkan ketika sedang tidur.

Terjadi kram memang hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Keram terjadi ketika otot secara tidak sengaja menjadi kaku dan tidak bisa rileks. 

Kram juga biasanya terjadi pada kaki dan perut. Tapi pernahkah Anda mengalami kram pada rahang saat menguap? Jika pernah, Anda harus mengetahui apa penyebabnya. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Nah kali ini, AsmaraKu bersama spesialis syaraf dari Rumah Sakit EMC Sentul, Dewanta, akan menjawab masalah kram tersebut. Simak selengkapnya di channel AsmaraKu di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bukti Valerie Thomas Mirip dengan Aktris Hollwood Sofia Vergara

Posted: 10 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Valerie Thomas merupakan salah satu seleb Tanah Air yang mulai mencuri perhatian publik. Anak dari Jeremy Thomas dan Ina ini sudah banyak membintangi film. Terakhir, Valerie membintangi film 13: The Haunted dengan memerankan karakter Chelsea. Berkat bakat akting yang luar biasa, serta ditunjang paras yang memesona membuat Valerie memiliki banyak penggemar. 

Namun jika diperhatikan secara seksama, wajah Valerie Thomas memiliki kemiripan dengan Sofia Vergara, aktris Hollywood asal Kolombia yang multi talenta. Seperti diketahui, Sofia merupakan aktris, komedian dan pembawa acara yang namanya sudah sangat terkenal di industri Hollywood. 

Kemiripan Valerie dan Sofia memang bak pinang dibelah dua. Baik dari tatapan mata, cara tersenyum hingga gaya selfie keduanya hampir menunjukkan kesamaan. Yang pasti keduanya sama-sama memiliki paras yang memesona.

Berikut bukti kemiripan Valerie Thomas dan Sofia Vergara telah dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @valerieethomas dan @sofiavergara, Kamis (11/7/2019).

1. Senyum tipis Sofia dan Valerie menunjukan kemiripan di antara keduanya

5 Bukti Valerie Thomas Mirip dengan Sofia Vergara (sumber: Instagram.com/sofiavergara & @valerieethomas)

2. Tatapan mata keduanya sama-sama tajam dan bikin jatuh hati

5 Bukti Valerie Thomas Mirip dengan Sofia Vergara (sumber: Instagram.com/sofiavergara & @valerieethomas)

3. Gaya selfie Valerie mirip banget dengan gaya selfie Sofia

5 Bukti Valerie Thomas Mirip dengan Sofia Vergara (sumber: Instagram.com/sofiavergara & @valerieethomas)

4. Saat keduanya dipotret dari samping, tampak sangat mirip terutama di bagian hidung

5 Bukti Valerie Thomas Mirip dengan Sofia Vergara (sumber: Instagram.com/sofiavergara & @valerieethomas)

5. Jika Valerie berkacamata, maka akan sangat mirip dengan Sofia Vergara

5 Bukti Valerie Thomas Mirip dengan Sofia Vergara (sumber: Instagram.com/sofiavergara & @valerieethomas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Atiqah Hasiholan di Sidang Putusan Ratna Sarumpaet

Posted: 10 Jul 2019 09:55 PM PDT

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Atiqah Hasiholan tampak memperhatikan dengan seksama jalannya persidangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Atiqah Hasiholan tampak memperhatikan dengan seksama jalannya persidangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Sesekali, matanya menatap sang ibunda yang duduk di muka majelis hakim. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Sesekali, matanya menatap sang ibunda yang duduk di muka majelis hakim. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Anak Ratna Sarumpaet lainnya yang menghadiri sidang ini adalah Mohammad Iqbal Alhady. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Anak Ratna Sarumpaet lainnya yang menghadiri sidang ini adalah Mohammad Iqbal Alhady. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Atiqah Hasiholan duduk tepat di belakang sang ibunda, Ratna Sarumpaet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Atiqah Hasiholan duduk tepat di belakang sang ibunda, Ratna Sarumpaet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Atiqah Hasiholan tampak memperhatikan dengan seksama jalannya persidangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Atiqah Hasiholan tampak memperhatikan dengan seksama jalannya persidangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Sesekali, matanya menatap sang ibunda yang duduk di muka majelis hakim. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Sesekali, matanya menatap sang ibunda yang duduk di muka majelis hakim. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Anak Ratna Sarumpaet lainnya yang menghadiri sidang ini adalah Mohammad Iqbal Alhady. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi Atiqah Hasiholan saat menghadiri sidang putusan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Anak Ratna Sarumpaet lainnya yang menghadiri sidang ini adalah Mohammad Iqbal Alhady. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Kepri Kena OTT, Kemendagri: Jika Ditahan, Wagub Jadi Plt

Posted: 10 Jul 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun dalam operasi tangkap tangan (OTT), Rabu 10 Juli malam.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik mengatakan, jika KPK akhirnya menahan Gubernur Kepri, maka Wakil Gubernur Kepri langsung jadi pelaksana tugas atau Plt Gubernur Kepri. Namun, pihaknya sampai sekarang masih terus mencermati.

"Kita masih cermati perkembangannya. Agar pelayanan tidak terganggu, bila nanti Gubernur ditahan, maka Wagub akan menjadi Plt Gubernur. Tapi kami masih terus mencermati status yang bersangkutan," kata Akmal di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Dia menuturkan, Kemendagri prihatin dengan masih adanya kepala daerah yang kembali tertangkap operasi KPK. Menurutnya, semoga ini bisa menjadi pelajaran.

"Kita prihatin. Semoga ini menjadi pelajaran bagi kepala daerah lainnya untuk segera membenahi praktik-praktik pelayanan publik yang rawan korupsi," ungkap Akmal.

Dia menegaskan, Kemendagri tak pernah bosan untuk mengingatkan kembali para kepala daerah untuk menjauhi korupsi.

"Kita tidak pernah bosan, mengingatkan dan menghimbau semua kepala daerah untuk segera menjauhi area rawan korupsi," pungkasnya.

Diketahui, Gubernur Nurdin diduga menerima suap terkait izin lokasi rencana reklamasi di Kepulauan Riau. Bersama Nurdin, tim penindakan mengamankan uang dolar Singapura.

"Diamankan uang SGD 6 ribu," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (10/7/2019) malam.

6 Orang Terjaring OTT

Selain Nurdin, tim penindakan juga mengamankan lima orang lainnya. Mereka kini tengah menjalani pemeriksaan awal oleh tim penindakan KPK.

"Ada 6 orang yang diamankan tim dan dibawa ke Polres setempat. Kepala daerah, kadis, kabid, PNS dan swasta," kata Febri.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka yang diamankan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salah Mengandung Bayi Tabung, Pasangan Asia Ini Tuntut Klinik di AS

Posted: 10 Jul 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Seorang wanita New York dan suaminya, pasangan yang mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Asia, menuntut sebuah klinik kesuburan CHA yang berbasis di Los Angeles pada pekan lalu. Sang istri melahirkan dua anak laki-laki yang bukan orang Asia pada bulan Maret 2019.

Dalam tuntutan hukum, keduanya mengaku bayi itu bukan dari embrio mereka.

Satu minggu menyusul laporan itu, Rabu 10 Juli 2019, pasangan California itu mengaku embrio mereka ditanamkan ke seorang wanita New York. Menjadi gugatan kedua dalam kasus yang saling berkaitan. Salahnya penanaman bakal bayi itu terjadi dalam prosedur fertilisation in vitro atau bayi tabung.

Pasangan kedua, Anni dan Ashot Manukyan dari Glendale California, menuduh pusat kesuburan CHA melakukan malpraktik serta pelanggaran kontrak. Mereka mencari ganti rugi dan kompensasi yang tak ditentukan jumlahnya.

"Kami mengandalkan CHA untuk membantu kami membangun keluarga dan sebaliknya, mereka merampas kesempatan kami untuk membawa putra kami sendiri ke dunia ini," kata Anni Manukyan dalam sebuah pernyataan tertulis, lapor Channel News Asia dikutip Kamis (11/7/2019).

"Kita tidak akan pernah memaafkan CHA. Tujuan kita adalah meminta pertanggungjawaban CHA dan memastikan tidak ada yang pernah menderita seperti kita," lanjutnya.

Sementara itu, pasangan Asia mengatakan dalam dokumen pengadilan, salah satu dari bayi kembar yang dilahirkan berasal dari embrio Manukyan. Sebuah fakta yang mereka klaim berusaha disembunyikan oleh CHA.

Pasangan Manukyan mengatakan mereka terpaksa ke pengadilan untuk mendapatkan hak asuh atas putra mereka.

"Serangkaian peristiwa luar biasa ini menunjukkan ketidakmampuan mengejutkan dari CHA. Anni dan Ashot menaruh semua kepercayaan mereka pada CHA. Sebagai imbalannya, CHA memberi Anni dan Ashot kebohongan, alasan, dan patah hati," kata pengacara Manukyan, Adam Wolf, dalam pernyataan itu.

Embrio Lain Ditanamkan di Pasangan Manukyan

Ilustrasi Foto kelahiran Bayi (iStockphoto)

Menurut gugatan yang diajukan oleh pasangan Manukyan, CHA pada Agustus 2018 telah memasukkan cikal bakal janin dari pasangan lain dalam rahim Anni Manukyan. Ketika fertilisasion in-vitro gagal menghasilkan kehamilan, pasangan Manukya hancur. Keduanya mengira mereka telah kehilangan anak mereka sendiri.

Sementara itu, saat berusaha dikonfirmasi oleh Channel News Asia, klinik CHA yang memiliki kantor di Orange Country California mengatakan pada Rabu sore bahwa kliniknya telah tutup pada hari itu. Sementara pihak yang mengangkat telepon tidak bersedia memberikan komentar.

Klinik yang dimaksud memiliki web resmi. Dalam lamannya, mereka mengklaim sebagai " klinik kesuburan terkenal di dunia". Selain itu, juga turut ditampilkan testimoni dari sejumlah wanita yang menggunakan layananannya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Geliat Industri Tahu Rumahan di Pinggiran Jakarta

Posted: 10 Jul 2019 09:46 PM PDT

Pekerja memproduksi tahu di sebuah industri tahu rumahan di pinggiran Jakarta, Rabu (10/7/2019). Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Pekerja memproduksi tahu di sebuah industri tahu rumahan di pinggiran Jakarta, Rabu (10/7/2019). Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Pekerja memotong tahu yang baru dicetak, di sebuah industri tahu rumahan di pinggiran Jakarta, Rabu (10/7/2019). Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Pekerja memotong tahu yang baru dicetak, di sebuah industri tahu rumahan di pinggiran Jakarta, Rabu (10/7/2019). Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Pekerja melakukan pembuatan proses tahu di sebuah industri tahu rumahan di pinggiran Jakarta, Rabu (10/7/2019). Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Pekerja melakukan pembuatan proses tahu di sebuah industri tahu rumahan di pinggiran Jakarta, Rabu (10/7/2019). Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. (AP Photo/Tatan Syuflana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Pesta Diskon Terbesar di Indonesia Digelar Agustus

Posted: 10 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, para pengusaha pusat belanja, ritel, hotel, dan restoran akan mengadakan Indonesia Great Sale. Ajang ini adalah pesta diskon serempak pertama dan terbesar di Indonesia.

Acara ini akan dimulai pada 14 Agustus 2019 di Tangcity Mall dan berlangsung sampai 25 Agustus 2019. Pesta diskon ini dapat dinikmati di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

"Melalui Indonesia Great Sale, kami juga memberikan kemudahan dan kesempatan bagi pusat perbelanjaan untuk menarik pengunjung. Kami juga berharap melalui Indonesia Great Sale yang dilaksanakan serempak, pengunjung dapat merasakan pengalaman terbaiknya dalam berbelanja mengingat terdapat variasi produk yang ditawarkan dengan promo yang fantastis," ujar Stefanus Ridwan Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) pada Kamis (11/7/2019) di Jakarta.

 

Indonesia Great Sale merupakan gagasan dari APPBI, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), serta didukung Kementerian Pariwisata.

Acara serupa sudah ada di negara tetangga seperti Mega Sale di Malaysia, Singapore Great Sale, dan Amazing Thailand Great Sale.Terbukti acara pesta diskon besar itu menarik konsumen nasional maupun internasional dan cocok di Indonesia.

"Pertumbuhan bisnis ritel masih berkembang baik di Indonesia dan terus mengalami kenaikan. Tentunya ini juga tak lepas dari kerja sama yang apik antara ritel dan pusat perbelanjaan yang terus menciptakan ide-ide baru untuk menarik hati pengunjung," jelas Roy N Mandey, Ketua Umum DPP Aprindo.

Ajang Indonesia Great Sale ini rencananya akan rutin diadakan tiap tahun. Diharapkan lewat ajang ini maka jumlah pengunjung dan nilai transaksi di seluruh pusat perbelanjaan Indonesia naik 20 persen.

 

Festival Kuliner

Taman Kuliner UFF19 Presented by ABC. (dok: Ubud Food Festival).

Turut meramaikan Indonesia Great Sale, PHRI juga akan menggelar festival kuliner Nusantara bertajuk PHRI Food Street Festival di area Hotel Grand Sahid Jaya. Harga spesial dan suasana khas anak muda dapat dinikmati para pengunjung pengunjung.

Acara akan diadakan pada 6 sampai 18 Agustus 2019. Para milenial pun diajak ikut hangout sambil menikmati sajian musik dan fashion on the street.

Ajang Indonesia Great Sale juga diharapkan memberi keuntungan kepada para pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produk khas daerahnya di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia.

Banjir diskon, Warga Jakarta Habiskan Libur Lebaran di Mal

Pengunjung memilh baju untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di Lippo Mall Puri, Jakarta, Jumat (24/5/2019). Untuk menarik pengunjung dalam rangka Festival Jakarta Great Sale, berbagai diskon ditawarkan dari pukul 20.00 hingga 00.00 dalam Midsummer Night Sale. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sejumlah pusat perbelanjaan (mal) terkemuka di DKI Jakarta seperti Grand Indonesia tampak dibanjiri masyarakat menyusul masih banyaknya gerai yang menawarkan diskon hingga 80 persen pada hari kedua libur Lebaran 2019.

Di Grand Indonesia, Jakarta, pengunjung tampak memburu gerai-gerai pakaian jadi baik produksi domestik maupun impor yang menawarkan diskon rata-rata sekitar 50 persen.

Sementara di Plaza Indonesia, diskon bahkan ditawarkan hingga 80 persen oleh produsen dan distributor pakaian atau aksesoris yang tergolong mewah.

Salah satu pengunjung Grand Indonesia, Annisa Sulistyo Rini mengatakan, kesempatan berbelanja barang-barang bermerek dengan diskon yang relatif besar, hanya terjadi di momentum tertentu seperti Lebaran ini.

"Kalau lagi ada diskon sangat lumayan belanja di Grand Indonesia. Dress (pakaian) dari harga Rp 300 ribu bisa menjadi setengahnya. Saya pernah dapat rok dengan harga sangat murah untuk sekelas di Grand Indonesia. Harganya hanya Rp 100 ribu. Itu sangat lumayan," ujar Annisa, dikutip dari Antara, Kamis (6/6/2019).

Bahkan, Annisa mengaku pernah memboyong sepatu "boots" dengan harga hanya Rp 200 ribu. Padahal, rata-rata harga sepatu "boots" apalagi yang berbahan kulit bisa melebihi Rp 1 juta, bahkan untuk merek-merek tertentu dijual di atas Rp10 juta.

Annisa mengaku lebih gemar berbelanja di Grand Indonesia, ketimbang mal lainnya di DKI Jakarta.

"Di Mal lain yang dekat Grand Indonesia, harganya tetap mahal meskipun sudah didiskon. Ya itu sangat 'segmented" (segmen tertentu). Semua kembali lagi ke merek pakaiannya," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap MotoGP Ceko: Jadi Milik Marc Marquez Lagi?

Posted: 10 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para pembalap MotoGP 2019, akan beristirahat cukup lama sebelum kembali bersaing di seri kesepuluh, MotoGP Ceko. Pasalnya, gelaran ini akan akan digelar tiga pekan ke depan.

Ya, setelah MotoGP Jerman digelar akhir pekan lalu, MotoGP Ceko atau seri kesepuluh MotoGP 2019 memang baru akan digelar awal Agustus mendatang.

Seperti biasa, MotoGP Ceko akan digelar di Sirkuit Automotodrom Brno, yang memiliki panjang 5,4 Kilometer (Km) atau 3,36 mil dan lebar 15 meter atau 49,21 kaki. Sirkuit ini memiliki trek lurus terpanjang sekitar 636 meter atau 2.086,61 kaki.

Seperti balapan-balapan sebelumnya, di MotoGP Ceko, Marc Marquez juga kembali dijagokan. Setelah memenangkan MotoGP Jerman, pembalap Repsol Honda ini memang seperti sulit terbendung.

Di klasemen MotoGP, Marc Marquez pun berada di puncak. Dia mengoleksi 185 poin, unggul 58 poin dari rival terdekatnya, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Jadwal MotoGP

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjuarai MotoGP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7/2019) malam WIB.(AP Photo/Jens Meyer)

Jumat (02/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas

18:30 WIB, Latihan Bebas

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Sabtu (03/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas

18:30 WIB, Latihan Bebas

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Minggu (04/08/2019)

19.00 WIB, Lomba

 

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 185 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 127 poin

3. Danilo Petrucci (Ducati) 121 poin

4. Alex Rins (Suzuki) 101 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 85 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 80 poin

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 70 poin

8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 67 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) 67 poin

10. Pol Espargaro (KTM) 56 poin

11. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 52

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 50 poin

13. Joan Mir (Suzuki) 30 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 31 poin

15. Andrea Iannone (Aprilia) 21 poin

16. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 19 poin

17. Johann Zarco (KTM) 16 poin

18. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 15 poin

19. Tito Rabat (Avintia Racing) 14 poin

20. Stefan Bradl (Honda) 12 poin

21. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 11 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 3 poin

24. Karel ABRAHAM (Avintia Racing) 3 poin

25. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 3 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Belum Terima Salinan Putusan Bebas SyafruddinTemenggung

Posted: 10 Jul 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menerima salinan putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan permohonan kasasi mantan Kepala BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT) dalam kasus korupsi penerbitan SKL BLBI.

"Sampai dengan hari ini tadi saya cek ke tim jaksa penuntut umum, kami belum menerima salinan putusan lengkap putusan kasasi dari Mahkamah Agung. Jadi kami harap Mahkamah Agung juga bisa segera menyelesaikan itu," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Rabu (10/7/2019) malam.

Hingga kini KPK belum menentukan langkah hukum lanjutan atas pembatalan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terhadap Syafruddin. Sebelumnya, PT DKI memvonis Syafruddin 15 tahun penjara atas penerbitan SKL BLBI.

Febri mengatakan, setelah menerima salinan putusan tersebut, KPK akan mempelajari dan mempertimbangkan untuk menempuh upaya hukum lanjutan sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Nah itu yang belum kami terima. Begitu kami terima, tim akan secara cepat melakukan pembacaan dan analisis dan kami juga akan sampaikan pada publik secara lebih detail apa langkah hukum yang akan dilakukan," kata Febri.

Pertimbangkan Upaya Hukum

Mantan Kepala BPPN, Syafruddin Arsyad Temenggung (kedua kanan) saat meninggalkan rumah tahanan KPK, Jakarta, Selasa (7/9/2019). Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhi vonis 13 tahun penjara dan denda Rp700 juta subsider 3 bulan kurungan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Febri masih enggan mengungkap opsi-opsi hukum yang sedang dipertimbangkan KPK untuk menyikapi putusan MA. Febri hanya memastikan pihaknya akan mempertimbangkan berbagai upaya hukum, baik upaya hukum biasa maupun upaya hukum luar biasa seperti Peninjauan Kembali (PK).

"Berbagai kemungkinan upaya hukum biasa dan hukum luar biasa dalam penanganan perkara ini akan kami pertimbangkan dan dianalisis secara matang, agar kemudian langkah tersebut benar-benar langkah yang signifikan," kata Febri.

Langkah hukum lanjutan menurut Febri akan dilakukan KPK demi pengembalian kerugian keuangan negara. Berdasarkan audit dari Badan Pemeriksa Keuangan, kerugian negara atas penerbitan SKL BLBI terhadap Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) milik Sjamsul Nursalim yakni Rp 4.58 triliun.

"Sebagai upaya untuk tetap menangani kasus BLBI dan upaya mengembalikan kerugian keuangan negara yang sangat besar itu," kata Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Korban Kasus Kang Ji Hwan, Kaget Saat Bangun Tidur

Posted: 10 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Aktor populer Kang Ji Hwan ditangkap polisi karena kasus dugaan pelecehan dan penyerangan seksual terhadap dua wanita. Dilansir dari Soompi, Kamis (11/7/2019), kedua perempuan tersebut memberikan kesaksian mengenai peristiwa yang mereka alami.

"A", salah satu wanita yang menjadi korban, mengaku melihat perlakuan Kang Ji Hwan terhadap wanita lainnya, "B".

Saat itu, aktor Joseon Survival ini disebut berusaha melakukan tindakan tak senonoh terhadap B, saat keduanya tengah tidur di salah satu kamar di rumah Kang Ji Hwan.

"A" mengaku ia terbangun dari tidur dan melihat apa yang terjadi di sampingnya. Ia kemudian berteriak, dan hal itu membuat Kang Ji Hwan menghentikan aksinya.

Pengakuan Kedua Korban

Kang Ji Hwan dalam Real Man 300 (Soompi)

"A" mengatakan kepada polisi bahwa saat terbangun, ia menyadari bahwa pakaiannya dalam kondisi acak-acakan. Ini membuatnya sadar bahwa ia juga telah menjadi korban.

"B" juga telah memberikan testimoninya kepada polisi. Dilaporkan, bahwa pengakuan keduanya tidak berbeda.

Sebelum ke kantor polisi, kedua korban sempat menuju Seoul Sunflower Center untuk menjalani pemeriksaan dan tes kekerasan seksual. Hasilnya akan keluar sekitar seminggu ke depan.

Diungkap pula fakta bahwa sebenarnya kedua wanita tersebut adalah staf outsource dari agensinya.

Kegiatan Dibatalkan

Kang Ji Hwan (Soompi)

Sementara itu, drama Kang Ji Hwan yang kini tengah tayang, Joseon Survival, tidak akan diputar pada minggu ini. Semua kegiatan sang aktor juga dibatalkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Nama Jalan Bakal Berubah di Surabaya, Cek Lokasinya

Posted: 10 Jul 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya akan mengubah dan memberi nama baru untuk sejumlah nama jalan arteri yang tersebar di Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukinan Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya, Chalid Bukhori menuturkan, pihaknya sudah membuat Surat Edaran bernomor 020/10946/436.75/2019 terkait pemberian dan perubahan nama jalan di Surabaya.

"Tapi pemberian dan perubahan nama jalan itu masih dalam tahap sosialisasi," ujar dia, seperti dikutip dari laman Antara, Kamis (11/7/2019).

Pemberian nama jalan meliputi Jalan Lingkar Luar Barat menjadi Jalan Dr.Mohammad Hatta, Jalan Baru Timur Stadion, Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi Jalan Bung Tomo dan Jalan Timur Darmo Park menjadi Jalan Dr. KH. Idham Chalid.

Sedangkan perubahan nama jalan meliputi Jalan Singapore (Jalan Benowo Sawah) menjadi Jalan Abdul Wahab Hasbullah, Jalan Sukomanunggal Jaya menjadi Jalan Pangeran Antasari, Jalan Raya Satelit Selatan menjadi Jalan Hasanuddin, Jalan Darmon Harapan I dan III serta Darmo Baru XII menjadi Jalan Cut Nyak Dhien dan Jalan Bung Tomo menjadi Jalan Kencana.

Ia menuturkan, pada Perda 7 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Nama Jalan dan Sarana Umum disebutkan untuk pemberian maupun perubahan nama jalan arteri harus mendapat persetujua dari DPRD Surabaya.

Akan tetapi, ia optimistis pengajuan usulan raperda pemberian dan perubahan nama jalan tersebut bisa selesai dibahas sebelum masa tugas anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 berakhir pada akhir Agustus mendatang.

"Setelah raperda itu disahkan di DPRD Surabaya, maka tahap selanjutnya akan dibuat Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya," ujar dia.

Ia menambahkan, pihaknya telah mengantisipasi dampak perubahan nama terhadap administrasi kependudukan warga setempat. Ia mengatakan, antisipasi yang telah dilakukan dengan mendata berapa warga dan akan memberikan pelayanan untuk mengurus perubahan administrasinya juga.

"Itu semua sudah diantisipasi. Kita bantu warga yang terdampak," kata dia.

Gubernur Khofifah Ingin Transportasi Publik Tersedia Baik di Gresik hingga Surabaya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan program Millenial Job Center/MJC, East Java Super Coridor/EJSC, dan Big Data di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (27/05/2019) sore. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ingin transportasi publik di kawasan megapolitan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbang Kertosusilo) tersedia dengan baik.

Hal ini juga dalam rangka fokus percepatan pembangunan kepada pemerintah pusat yang meliputi peningkatan konektivitas, pariwisata dan pengembangan kilang minyak. Khofifah Indar Parawansa menyampaikan hal itu dalam rapat kabinet terbatas di Istana Bogor di Selasa 9 Juli 2019.

"Hanya boleh tiga tadi, kalau yang saya sampaikan banyak, misalnya saya juga ingin ada KEK untuk garam, juga percepatan elektrifikasi," ujar Khofifah, seperti dikutip dari laman Antara, Rabu, 10 Juli 2019.

Terkait konektivitas, ia menginginkan transportasi publik di kawasan megapolitan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbang Kertosusilo) tersedia dengan baik.

"Kami ingin konektivitas dalam banyak hal terutama public transportation. Gerbang Kertasusila ini agak terlambat menyiapkan opsi transportasi publik yang bisa memudahkan konektivitas antarwilayah yang masuk Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan," kata dia.

Ia menuturkan, sekarang di sana baru dibangun Surabaya Eastern Ringroad. Ia mengharapkan, selain dibangun itu, konektivitas antarkabupaten di dalam ring satu juga disiapkan transportasi publik termasuk di dalamnya MRT.

"Kami juga ingin tambahkan kereta komuter, tidak hanya sampai Lamongan namun sampai Tuba. Ini antisipasi proses pembangunan kilang minyak, kalau sudah jalan pasti butuh intensitas transportasi yang lebih tinggi," ujar dia.

 

Kembangkan Pariwisata

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa usai membuka jambore BUMDes di Boon Pring, Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Khofifah menuturkan, pihaknya juga akan mengembangkan kawasan Bromo Tengger dan Semeru (BTS). "BTS ini dulu sudah masuk proyek stratengis nasional. Kami harap ada percepatan pembangunan di wilayah BTS. Kami punya wilayah Selingkar Wilis, Selingkar Ijen dan BTS," tutur dia.

Ia menuturkan, saat ini wisatawan yang ingin menikmati matahari terbit atau tenggelam, harus datang lebih awal karena jalan yang sempit.

"Kami harap misalnya ada cable car di situ. Dan sudah disiapkan opsi-opsi tambahan yang bisa memudahkan akses bagi wisatawan untuk bisa ke Bromo sekaligus Tengger, rasanya ini akan jadi destinasi yang menggairahkan wisata Jatim,"kata dia.

Ia juga ingin kapal mewah penjelajah yang mengangkut wisatawan mancanegara juga dapat berkembang di provinsi itu dengan pengembangan Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo, Jawa Timur.

Sementara terkait kilang minyak, ia juga ingin apa yang sudah dilakukan oleh Rosnev (perusahaan minyak Rusia dalam persiapannya bisa didukung. Ini karena skala yang besar.

"Proses penyiapan skill-labour dari Maret 2019 sudah berjalan. Kami harap ini akan memberikan multiflier effect yang luas tak hanya PDRB Jawa Timur, namun PDB nasional," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galih Ginanjar Resmi Jadi Tersangka Kasus 'Ikan Asin', Ini Fakta-faktanya

Posted: 10 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perseteruan antara Fairuz A Rafiq dan mantan suaminya Galih Ginanjar sepertinya belum akan berakhir. Proses hukum atas laporan Fairuz A Rafiq ke kepolisian sampai pada babak baru. Polisi menetapkan Galih menjadi tersangka. 

Perseteruan ini berawal dari Galih Ginanjar muncul di video 'GALIH GINANJAR CERITA MASA LALU' yang diunggah dalam akun YouTube Rey Utami dan Pablo Benua yang membeberkan aib dari mantan istrinya yang viral.

Dalam video tersebut, Galih menyebut istilah yang tidak pantas. Sontak, ungkapan Galih Ginanjar mengenai 'bau ikan asin' inilah yang buat publik heboh dan keluarga Fairuz A Rafiq, mantan istrinya yang kini telah memiliki suami Sony Septian geram.

Setelah membiarkannya beberapa waktu tapi tidak ada itikat baik, akhirnya Fairuz pun melaporkannya ke Polda Metro Jaya, Senin (1/7/2019). Proses penyelidikanpun dilakukan polisi.

Usai gelar perkara yang dilakukan sejak, Rabu (10/7/2019) di Polda Metro Jaya, kini Galih Ginanjar ditetapkan sebagai tersangka. Berikut Fakta-fakta yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

Galih Ginanjar diperiksa terlebih dahulu oleh polisi selama 13 jam

Galih Ginanjar (Nurwahyunan/bintang.com)

Galih Ginanjar menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, Jumat (5/7/2019), terkait laporan Fairuz A. Rafiq soal pencemaran nama baik.

Galih Ginanjar mulai diperiksa sejak pukul 11.00 WIB dan masih berlanjut hingga malam hari. Kurang lebih Galih diperiksa selama 13 jam di Polda Metro Jaya, Jumat (5/7/2019)

Dari pemeriksaan tersebut, Galih Ginanjar menjawab 46 pertanyaan yang diajukan penyidik terhadapnya. Usai melakukan pemeriksaan, Galih Ginanjar sempat menjawab beberapa pertanyaan dari wartawan yang telah menunggunya sejak pagi.

 

Keterangan kepolisian atas status tersangka Galih Ginanjar

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memberi keterangan penangkapan aktor Riza Shahab di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/4). Riza Shahab dan Reza Alatas ditangkap seusai pesta sabu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada hari Rabu (10/7/2019) Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengutarakan bahwa Galih Ginanjar dan dua nama lainnya berpotensi jadi tersangka dalam kasus 'ikan asin'.

Pada hari yang sama Barbie Kumalasari, telah memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Ia didampingi tim kuasa hukumnya saat mendatangi Polda Metro Jaya pada Rabu (10/7/2019).

Selain itu Rey Utami dan Pablo Benua juga ikut dalam pemeriksaan kepolisian.

Setelah ketiganya menjalani pemeriksaan yang bergitu lama, akhirnya pihak kepolisian pun menetapkan Galih Ginanjar sebagai tersangka dalam kasus 'ikan asin', bersama Rey Utami dan Pablo Benua. 

"Ya, Galih Ginanjar sudah tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Kamis (11/7/2019).

 

Dijerat dengan pasal undang-undang ITE pencemaran nama baik

Diketahui, pasangan ini menikah secara siri lantara tak ingin ada publikasi. Kumala Sari pernah malu saat berpacaran dengan Galih lantaran  lebih muda dua tahun darinya. (Kapanlagi.com/Nurwahyunan)

Fairuz A Rafiq melaporkan Galih Ginanjar ke Polda Metro Jaya. Dalam laporannya, Fairuz ditemani oleh sang suami Sonny Septian, kakaknya Ranifa A Rafiq, dan kuasa hukumnya, Hotman Paris Hutapea. Laporan itu tertuang dalam LP / 3914/7/2019 / PMJ / Ditreskrimsus tanggal 1 Juli 2019.

Menurut Ranifa, perkataan Galih di video 'GALIH GINANJAR CERITA MASA LALU' yang diunggah dalam akun YouTube Rey Utami dan Benua itu telah mendukung melecehkan harkat dan martabat adiknya dan perempuan Indonesia.

"Kalimat-kalimat ini sangat melukai hati saya dan sangat mempermalukan suami dan keluarga saya," kata Fairuz dalam surat yang dibacakan Ranifa di lokasi, Senin 1 Juli 2019.

Kini Galih Ginanjar ditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik melalui ITE, yaitu Pasal 27 ayat (1) dan (3) serta Pasal 310 dan 311 KUHP. Hal ini sama seperti artikel yang disangkakan untuk Pablo dan Rey.

Sempat ungkapkan penyesalan

Galih Ginanjar (Bayu Herdianto/ © KapanLagi.com)

Disinggung soal sikapnya setelah ucapan bau ikan asin dilaporkan ke polisi, Galih mengaku menyesal telah mengeluarkan pernyataan tersebut.

Namun Galih bukan menyesali pernyataannya. Mantan istri Fairuz A Rafiq itu justru menyesali beredarnya video yang menayangkan ucapannya tersebut. 

Seperti diketahui, pertama kali ucapan bau ikan asin itu muncul saat Galih diundang menjadi tamu dalam program Mulut Sampah akun Youtube milik Rey Utami dan suaminya, Pablo Putera Benua. 

Akan dijemput paksa oleh polisi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, polisi kemungkinan akan langsung menjebloskan Galih Ginanjar ke dalam penjara. Ia terancam dijemput paksa. Namun, untuk teknis hingga saat ini masih digodok penyidik.

"Nah, itu aku nggak tau penyidik ​​mau manggil atau melakukan penangkapan. Yang pasti uda ditetapkan sebagai tersangka," ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan, Kamis (11/7/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persela vs Kalteng Putra: Mencari Kemenangan Perdana

Posted: 10 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Persela Lamongan kedatangan Kalteng Putra dalam laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis (11/7/2019). Tim asuhan Nil Maizar ini memburu tiga poin penuh demi memutus paceklik kemenangan.

Dalam pertandingan ini, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir mengusung motivasi besar. Mereka ingin mempersembahkan kemenangan perdana untuk LA Mania setelah gagal di sejumlah laga kandang terakhir. 

"Kami sudah cukup lama tidak merasakan kemenangan di kandang. Kali ini kami wajib menang karena kami akan mendapatkan dukungan penuh dari LA Mania," ujar Samsul Arifin, pemain senior Persela.

Demi mewujudkan target tersebut, Nil yang baru sekali mendampingi tim terus melakukan perbaikan selama persiapan. "Kami perbaiki cara bertahan tim ini, juga efektivitas permainan," kata Nil.

Nil menilai dalam beberapa pertandingan sebelumnya Persela sebetulnya memiliki kans untuk memenangkan laga. Namun, mereka kerap membuang peluang karena tak tampil efektif.

"Kadang ada satu dua pemain terlalu banyak bawa bola. Ini yang harus kami perbaiki," katanya.

Satu pemain yang diminta untuk tampil lebih efektif adalah Rafael Gomes de Oliveira. Gelandang serang ini memiliki kemampuan individu di atas rata-rata serta kecepatan. Namun, pemain yang akrab disapa Rafinha ini kerap terlambat mengumpan atau menyelesaikan peluang.

"Kalau ingin menang, di pertandingan nanti tidak boleh lagi main seperti itu," pinta Nil.

Nil juga meminta anak buahnya untuk memenangkan duel-duel di lini tengah. "Kami akan perkuat lini tengah, karena Kalteng Putra punya gelandang-gelandang bagus," ujar pelatih anyar Persela itu.

Kalteng Putra Optimistis Rebut Poin di Lamongan

Sementara itu, Kalteng Putra datang ke markas Persela dengan modal hasil minor dalam dua laga kandang terusir mereka. Kalteng Putra kalah 0-1 dari Borneo FC dan 0-2 dari PSS Sleman dalam dua laga terakhir mereka.

Namun, pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, masih memiliki keyakinan tim asuhannya bisa meraih poin di laga kali ini. Bahkan pelatih tim berjulukan Laskar Isen Mulang ini tak ragu timnya bisa menyabet tiga poin penuh di kandang Persela yang memang belum sekalipun meraih kemenangan di Liga 1 2019.

"Peluang kami untuk mendapatkan poin ada di sini. Persela dalam kondisi yang kurang begitu baik," ujar Gomes de Oliveira.

"Kami berharap bisa tampil lebih baik lagi dan menciptakan peluang untuk mencetak gol, serta tidak boleh kebobolan. Saya yakin kami bisa memenangi pertandingan kali ini," lanjutnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Persela (4-3-3): Dian Agus Prasetyo (kiper); Samsul Arifin, Arif Satria, Mawouna Kodjo, Eky Taufik (belakang); Malik Risaldi, Kei Hirose, Lucky Wahyu (tengah); Hambali Tholib, Rafael Gomes de Oliveira, Alex Goncalves (depan)

Pelatih: Nil Maizar

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih Pratama (kiper); Dendi Agustian Maulana, OK John, Rafael Bonfim, Wasyiat Hasbullah (belakang); Hedipo Gustavo, Fajar Handika, Gede Sukadana (tengah); Diogo Campos, Patrich Wanggai, Ferinando Pahabol (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Tegur Ratna Sarumpaet karena Terus Pegang Tas

Posted: 10 Jul 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet memasuki babak akhir.

Majelis hakim membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019)

Terdakwa Ratna Sarumpaet pun duduk di kursi persakitan mendengarkan amar putusan.

Hakim Ketua, Joni sempat menegur Ratna Sarumpaet. Penyebabnya karena Ratna selalu memegang tas saat hakim anggota membacakan fakta-fakta persidangan.

"Saudara apa yang dilakukan di dalam tas? Ambil aja tasnya itu," kata Joni di persidangan.

Jaksa yang ditugaskan mengawal Ratna pun langsung mengambil tas berwana cokelat itu dan menyerahkan kepada kerabat Ratna Sarumpaet.

"Tasbihnya keluarin aja, tasnya disimpan," ujar dia.

Hingga saat ini, persidangan pembacaan vonis Ratna Sarumpaet masih berlangsung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke Tanah Suci Pakai Uang Arisan Haji, Apa Hukumnya?

Posted: 10 Jul 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kaum wanita khususnya kaum ibu milenial memang sangat identik dengan yang namanya arisan. Terkadang perkumpulan muslimat yang tergabung dalam organisasi khusus wanita mengadakan arisan perjalanan haji. Perkumpulan seperti itu sudaha cukup terkenal di beberapa negara.

Dilansir dari buku 100 Tanya-Jawab Haji & Umrah karya Yusuf Al Qaradhawi mengatakana bahwa di Mesir, perkumpulan ini diikuti kaum ibu dengan didasari rasa suka rela dan solidaritas di antara mereka dengan syarat-syarat dan cara setiap bulan setiap anggota wajib menyetor 500 dirham dan apabila jumlah anggota terdapat sepuluh orang maka uang yang akan terkumpul setiap tahunnya adalah 5.000 dirham.

Menurut Yusuf, hal itu tidak mengapa. Kaum muslimin tunduk pada syarat-syarat yang mereka buat sendiri. Lagi pula, ini adalah salah satu contoh tindakan saling membantu dalam hal kebajikan serta ketakwaan.

"Mereka sama saja dengan menabung untuk hari depan, yakni untuk memenuhi keperluan-keperluan yang mendesak, tanpa perlu meminjam ataupun mengambil kredit dari bank," jelas Yusuf dalam bukunya.

 

Dibolehkan

Perkumpulan arisan seperti ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun, kenyataannnya tidak ada keluhan sama sekali dari para anggotanya. Bahkan masyarakat, termasuk para ulama, tidak ada yang memprotes, sehingga hal itu menjadi sebuah tradisi yang baik dan populer.

Mengenai uang arisan yang digunakan salah seorang anggotanya untuk memenunaikan ibadah haji, jika dirinya memang mendapatkannya pada giliran terakhir maka sama saja dirinya seperti menabung dan jika mendapatkan giliran putaran awal atau pertengahan berarti hajinya menggunakan uang utang. Namun, itu pun tetap diperbolehkan karena seizin seluruh anggota arisan.

Jika mereka sudah mengizinkan penggunaan uang itu untuk ongkos naik haji ataupun keperluan lainnya, jadi insyaallah tidak mengapa yang mendapatkan giliran haji di awal atau tengah putaran untuk menggunakan uang tersebut untuk pergi haji.

 

Reporter : Nabila Bilqis

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diskon Tiket Pesawat 50 Persen Bakal Dievaluasi Seminggu Sekali

Posted: 10 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) domestik resmi turun 50 persen untuk penerbangan tertentu pada Kamis ini. Penjualan tiket murah ini hanya berlaku pada Selasa, Kamis dan Sabtu mulai pukul 10.00-14.00.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menyatakan, dalam penerapan kebijakan diskon tarif tiket pesawat berbiaya murah pihaknya akan melakukan evaluasi secara berkala. Ini dilakukan untuk menyesuaikan biaya operasional yang sewaktu-waktu dapat berubah.

"Evaluasi kebijakannya dilakukan sebulan sekali, dan evaluasi teknisnya kita sepakat seminggu sekali setiap Jumat siang," ujarnya di Kantor Kemenko Perkeonomian, Jakarta, seperti ditulis Kamis (11/7/2019).

Evaluasi ini akan melibatkan tujuh pemangku kebijakan, yakni pemerintah, pihak maskapai yakni Citilink dan Lion Air, pihak operator bandara yakni Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II, AirNav Indonesia, serta Pertamina sebagai penyedia avtur.

Susiwijono menjelaskan, evaluasi perlu dilakukan mengingat harga avtur yang merupakan salah satu struktur penyusunan tarif tiket pesawat, bergantung pada harga global. Sehingga dikhawatirkan dapat mempengaruhi harga.

"Harga avtur kan sebulan dua kali (di evealuasi Pertamina) karena itu bagaimana nanti model perhitungannya itu lah untuk kebijkan ini kami putuskan evaluasinya sebulan sekali," jelasnya.

Di sisi lain, upaya penurunan tarif tiket pesawat ini juga merupakan kesepakatan oleh tujuh pemangku kepentingan tersebut, di mana setiap pihak melakukan efisiensi hingga pemberian insentif.

"Dengan adanya kebijakan diskon ini ada loss share (berbagi beban biaya yang hilang). Maka di evaluasi teknis setiap minggu kami bahas dua hal yakni total loss-nya dan loss sharing-nya," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Yuk Berburu Tiket Pesawat Murah di Selasa, Kamis dan Sabtu

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Pemerintah melalui Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, maskapai dan pengelola bandara sepakat untuk menyediakan tiket pesawat murah khusus untuk maskapai berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) untuk beberapa penerbangan. Kesepakatan ini merupakan solusi tingginya harga tiket pesawat yang terjadi sejak akhir tahun lalu.

Sekretaris Menteri Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengatakan maskapai Citilink sendiri sepakat untuk menjual tiket pesawat murah sebanyak 62 penerbangan per harinya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dengan menyiapkan sebanyak 3.348 kursi. 

Sedangkan untuk maskapai Lion Air Group sendiri akan menyediakan 146 penerbangan per hari di waktu dan jam-jam tertentu yang telah diatur oleh pemerintah dengan menyiapkan sebanyak 8.278 kursi. Adapun secara total kursi yang disediakan kedua maskapai dalam sehari yakni sebanyak 11.626 kursi

"Jadi ada 62 flight Citilink dan 146 flight Lion Air yang kita dedikasikan per hari untuk menyediakan penerbangan murah dengan penurunan 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari alokasi," katanya pada Senin 8 Juli 2019.

Susiwijono mengatakan kebijakan ini sendiri akan berlaku efektif pada Kamis 11 Juli. Sebab, kedua maskapai masih perlu melakukan penyesuaian sistem yang akan diberlakukan nantinya.

"Kenapa karena untuk penyesuaian tiket pesawat di sistem memerlukan kurang lebih 2 sampai 3 hari karena besok Selasa pemberlakuannya adalah di Selasa Kamis dan Sabtu maka akan efektif berlaku sejak hari Kamis tanggal 11 Juli 2019," jelasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pantauan Terkini Lokasi Tiang Tol Bogor Ambruk

Posted: 10 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah kejadian ambruknya tiang tol Bogor Outer Ring Road kemarin, kini penataan kembali lokasi terus dilakukan. Arus lalu lintas dibuka meskipun hanya satu lajur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atiqah Hasiholan Hadir di Sidang Putusan Ratna Sarumpaet

Posted: 10 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atiqah Hasiholan terlihat di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Atiqah Hasiholan duduk tepat di belakang Ratna Sarumpaet, sang ibunda, yang dihadirkan di persidangan untuk mendengar vonis yang dibacakan majelis hakim.

Ibunda Atiqah Hasiholan diketahui menjalani sidang terkait kasus penyebaran berita bohong (hoaks) yang beragendakan pembacaan putusan.

Tak cuma Atiqah Hasiholan, anak laki-laki Ratna Sarumpaet, Mohammad Iqbal Alhady, juga hadir dalam persidangan. Ia mengenakan kemeja dan jins panjang berwarna biru.

Pantauan Liputan6.com di ruang sidang, Atiqah Hasiholan tampak memperhatikan dengan seksama jalannya persidangan. Sesekali, matanya menatap sang ibunda yang duduk di muka majelis hakim.

Sementara Iqbal terlihat memegang tasbih yang terbuat dari kayu berwana cokelat. Saat ditanya, Iqbal berharap kalimat tasbih yang dilantunkan bisa mengunggah perasaan hakim dengan membebaskan ibundanya.

Saat ini, sidang putusan kasus penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet masih berlangsung.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Lengkap Nintendo Switch Lite

Posted: 10 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo Switch Lite resmi diperkenalkan. Sesuai namanya, konsol ini merupakan varian lebih terjangkau dari Switch generasi pertama yang sudah lebih dulu diperkenalkan Nintendo beberapa tahun lalu.

Mengingat varian ini lebih terjangkau, Nintendo melakukan beberapa modifikasi. Salah satunya seperti dikutip dari Polygon, Rabu (11/7/2019), Nintendo Switch Lite merupakan konsol handheld atau portabel.

Oleh sebab itu, konsol ini tidak dapat disambungkan dengan TV ataupun memiliki modus tablet seperti Switch reguler. Tidak hanya itu, Joy-Con yang tersedia tidak dapat dilepas pasang dan menyatu dengan bodi.

Nintendo Switch Lite memiliki layar sentuh berukuran 5,5 inci, sedikit lebih kecil dari versi biasa dengan ukuran 6,2 inci. Namun, resolusi layarnya masih tetap sama yakni 720 piksel.

Bobot konsol portabel ini juga lebih ringan 31 persen dari Switch generasi pertama, yakni sekitar 0,2 kg. Kemampuan baterai di Switch Lite sedikit ditingkatkan dibanding varian sebelumnya.

Nintendo menyebut konsol ini dapat memainkan seluruh gim Switch yang mendukung modus handheld. Karenanya, pengguna Switch Lite yang mencoba membeli gim digital tapi tidak mendukung modus handheld akan secara otomatis diperingatkan.

Ada tiga varian warna yang tersedia untuk Nintendo Switch Lite, yakni yellow, gray, dan turquoise. Selain itu, ada pula model lain dengan tema Pokemon Sword dan Shield.

Rencananya, Nintendo Switch Lite akan dibanderol dengan harga USD 199 atau sekitar Rp 2,8 juta pada 20 September 2019. Sementara model dengan tema Pokemon akan hadir pada 8 November 2019.

Kemampuan Cross Platform Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite

Nintendo Resmi Memperkenalkan Switch Lite (sumber: Nintendo)

Menyoal kemampuan cross-device, Nintendo menyebut pemain dapat mengakses data yang disimpan antara Switch dan Switch Lite. Dengan kata lain, gim yang tersimpan di Switch dapat dimainkan di Switch Lite, begitu pula sebaliknya.

Informasi ini dikonfirmasi langsung oleh President Nintendo America, Doug Bowser. "Ya, kami akan memiliki kemampuan untuk memindahkan (data) antar perangkat, pengalaman bermainmu. Akan ada lain yang datang, tapi itu rencananya," tuturnya.

Kendati demikian, Bowser tidak mengungkap lebih lanjut mengenai rencana ini. Menurutnya, Nintendo akan mengumumkan informasi seputar kemampuan tersebut.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Pastikan Semua Jemaah Calon Haji Bantul Sehat

Posted: 10 Jul 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Bantul - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantul, Yogyakarta telah memastikan kondisi kesehatan jemaah calon haji asal Bantul Tahun 2019 sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah.

"Alhamdullilah semua dinyatakan sehat, kan sebelum mereka berhak melakukan pelunasan ada pemeriksaan kesehatan di puskesmas," ujar Humas Kantor Kemenag Bantul, Ponijo, seperti dilansir Antara, Kamis (11/7/2019).

Menurut dia, sebelum semua jemaah calon haji asal Bantul yang berjumlah 1.082 orang melakukan pelunasan biaya ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), sudah diperiksa kondisi kesehatan di puskesmas atau dokter kesehatan di wilayah masing-masing.

"Kalau pun ada penyakit yang dirujuk ke rumah sakit, kalau ada yang tidak layak diberangkatkan, maka ada rekomendasi dari Dinkes (Dinas Kesehatan) yang menyatakan jemaah tidak layak atau tidak bisa atau batal berangkat," kata Ponijo.

Akan tetapi, lanjut dia, sejauh ini seluruh jemaah calon haji asal Bantul dinyatakan masih mampu meski ada sebagian jemaah dengan pendampingan.

Ponijo juga mengatakan, jemaah calon haji Bantul sesuai jadwal akan diberangkatkan dari Bantul secara bertahap mulai 12 Juli 2019.

Namun sebelum diterbangkan ke Makkah akan diperiksa kembali kondisi kesehatannya di Asrama Haji Donohudan, Solo, Jawa Tengah untuk menentukan kepastian berangkat.

"Ketika proses penerimaan di embarkasi Solo itu masih ada pemeriksaan tahap terakhir. Ketika nanti saat pemeriksaan tahap terakhir itu ternyata ada yang tidak layak terbang ada penundaan keberangkatannya, bisa jadi malah batal berangkat," jelas Ponijo.

 

Dibagi 6 Kloter

Jemaah Haji Indonesia saat baru tiba di Madinah. Darmawan/MCH

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Bantul Sukamto mengatakan, sebanyak 1.089 jemaah calon haji tersebut akan diberangkatkan dalam enam kloter.

Keenamnya adalah kloter 22 SOC, 23 SOC, 24 SOC, 25 SOC, 97 SOC, dan terakhir kloter tambahan.

"Calon haji tertua perempuan atas nama Nyonya Supiah Muh Anwar (96) dari Dusun Kembaran Desa Tamantirto Kecamatan Kasihan, sedangkan calon haji termuda adalah Meika Dira Mu tashim (22) asal Wonokromo, Kecamatan Pleret Bantul," kata Sukamto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Tanker Sering Diserang, AS Bangun Koalisi Militer di Lepas Pantai Iran

Posted: 10 Jul 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Teheran - Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat di kawasan Teluk semakin meningkat. Serangan terhadap tanker minyak pun tak jarang terjadi.

Negeri Paman Sam baru saja mengatakan, pihaknya tengah bekerja untuk membentuk koalisi militer demi melindungi pelayaran komersial di lepas pantai Iran dan Yaman Tengah.

Dalam rencana itu, koalisi Washington akan berpatroli di perairan strategis wilayah Teluk, serta laut antara Semenanjung Arab dan Afrika; kata ketua Kepala Staf Gabungan AS pada Selasa, 9 Juli 2019 dikutip dari Al Jazeera, Kamis (11/7/2019).

"Kami sekarang terlibat dengan sejumlah negara untuk ... memastikan kebebasan navigasi baik di Selat Hormuz dan Bab al-Mandab," kata Jenderal Marinir Joseph Dunford, kepala staf gabungan.

Dunford mengatakan, Pentagon telah mengembangkan rencana spesifik. Ia percaya dalam beberapa minggu ke depan sudah akan jelas negara mana yang bersedia bergabung.

Langkah ini sehubungan dengan adanya beberapa serangan terhadap tanker di Teluk. Padahal, seperlima dari ekspor minyak dunia melewati daerah tersebut. Presiden nyentrik AS Donald Trump telah menyalahkan Iran atas insiden itu.

Hubungan Washington - Teheran Memburuk Sejak Tahun Lalu

Presiden Amerka Serikat (AS) Donald Trump siap meluncurkan sanksi paling berat terhadap Iran, Senn, 5 November 2018  (AFP).

Ketegangan antara Washington dan Teheran telah meningkat sejak tahun lalu, ketika Trump secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 yang membatasi ambisi nuklir Teheran dengan imbalan pengurangan sanksi ekonomi.

Krisis telah meningkat dalam beberapa hari terakhir karena Washington dan Teheran telah terlibat dalam perang kata-kata atas keputusan Iran untuk melewati batas pengayaan uranium yang ditetapkan oleh perjanjian 2015.

Teheran telah meminta pihak-pihak lain dalam perjanjian nuklir - Prancis, Inggris, Cina, Rusia, Uni Eropa dan Jerman - untuk menemukan cara untuk mengekspor minyaknya, sumber utama pendapatan bagi perekonomiannya yang lumpuh.

Trump mengatakan AS tidak akan mengizinkan Teheran memperoleh senjata nuklir, dengan sekutu dekatnya di wilayah itu, Israel, mengancam akan mengebom Iran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Kode, Everton Soares Mengaku Kagumi AC Milan

Posted: 10 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Everton Soares membuka pintu buat AC Milan untuk merekrutnya pada bursa transfer musim panas 2019. Di suatu kesempatan, penyerang Gremio tersebut mengungkapkan kekagumannya kepada Rossoneri.

Rumor Soares tertarik berlabuh di AC Milan muncul setelah menjadi pahlawan timnas Brasil di Copa America 2019. Pada laga final, ia mencetak gol pembuka kemenangan Selecao untuk mengalahkan Peru 3-1.

Namun, kepindahan Soares ke San Siro tidak mudah untuk diwujudkan. Sebab, Gremio telah memasang harga senilai 40 juta euro atau sekitar Rp 633,6 miliar.

La Gazzetta dello Sport mengklaim AC Milan tak memiliki niatan untuk memboyongnya ke San Siro dalam waktu dekat. Selain itu, media Italia itu juga menyebut Manchester City adalah satu-satunya tim yang melayangkan tawaran.

Tapi, tampaknya pilihan Soares sudah cukup jelas. Ia hanya ingin bergabung dengan klub besutan Marco Giampaolo tersebut.

"AC Milan adalah klub hebat, salah satu yang terbaik di Eropa. Mereka pantas berada di pentas internasional terbaik," katanya saat diwawancarai Tuttomercatoweb, baru-baru ini.

 

Ingin Merantau ke Eropa

Penyerang Timnas Brasil, Everton Soares, meraih penghargaan sepatu emas Copa America 2019 dengan koleksi tiga gol. (AFP/MAURO PIMENTEL)

Satu hal yang pasti, Soares ingin merantau ke Eropa pada musim depan untuk membuktikan kualitasnya. Bahkan diakuinya, bahwa pihaknya sedang berupaya untuk mewujudkan impian itu.

"Saya pikir demikian, kami sedang berupaya untuk itu," tambah Soares saat ditanya mengenai kesiapannya untuk pindah dan berkiprah di Eropa musim depan.

"Saya ingin menguji diri sendiri di Eropa dengan pemain internasional, sehingga saya bisa belajar dan terus tumbuh, baik itu sebagai seorang pria maupun pemain," tandasnya.

Statistik di Gremio

Soares baru mencatatkan enam penampilan dari sembilan partai yang telah dilakoni Gremio di ajang Serie A Brasil 2019. Dari sekian kesempatan tersebut, ia menyarangkan satu gol.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Crawl: Buaya Ganas Vs Gadis Tangguh, Siapa Pemenangnya?

Posted: 10 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film Crawl mengingatkan kita pada sejumlah film bencana seperti Lake Placid, Anaconda, dan Piranha. Dalam Crawl, musibah sebenarnya tidak datang dari alam melainkan migrasi binatang buas yang muncul setelahnya.

Tak sekadar mengumbar darah dan daging manusia yang berceceran, Crawl menampilkan hubungan dua generasi yang penuh amarah lalu pulih seiring waktu. Apakah konten Crawl lebih baik dari film sejenis yang dirilis sebelumnya?

Crawl memulai kisahnya dengan hujan badai di kawasan Florida, AS. Deras hujan membuat tanggul hampir meluap. Beth (Morfydd Clark) menghubungi saudarinya, Haley (Kaya Scodelario) yang baru saja mengikuti kompetisi renang. Kepada Haley, Beth menanyakan apakah sudah ada kabar dari ayah mereka, Dave (Barry Pepper). Berkali-kali Beth dan Haley menelepon, tak ada jawaban dari Dave. Haley lantas nekat mendatangi kediaman Dave.

Di sana, Haley mendapati Sugar, anjing Dave yang sedari tadi menggonggong. Sugar menuntun Dave ke sebuah lubang di lantai yang menghubungkannya ke rubanah. Alangkah terkejut Haley mendapati Dave terkapar. Di pundak dan kaki Dave terdapat luka cabikan.

Saat hendak memapah Dave ke dalam rumah, Haley diadang seekor buaya. Diduga, buaya ini berasal dari perairan di belakang rumah. Haley dipaksa melawan buaya seraya berupaya menyelamatkan sang ayah.

 

Bisa Ditebak

Crawl (Paramount Pictures)

Adu kuat manusia versus buaya sebenarnya hanya masalah siapa menang dan apakah tokoh utama sukses menjadi penyintas. Sineas Alexandre sejak awal memberi petunjuk siapa pemenangnya. Ini tersirat dari dialog Dave kepada Haley cilik yang kalah lomba lari.

Kala itu Dave mengingatkan posisi Haley sebagai predator puncak, dalam sebuah kompetisi. Dialog ini sejatinya mengurangi efek kejut di paruh kedua film. Namun Alexandre tak kurang akal untuk membuat penonton terkejut berkali-kali.

Salah satu kejutan datang dari sejumlah tokoh pendukung yang ndilalah ada di sekitar lokasi kejadian. Masing-masing memiliki motivasi berbeda dan terasa masuk akal. Tiga sekawan Marv (George Somner), Stan (Anson Boon), dan Lee (Ami), misalnya berada di lokasi bencana untuk merampok toko kolontong yang ditinggal penghuninya.

Sementara Wayne (Ross Anderson) bersama rekannya berada di sekitar rumah Dave untuk patroli. Bagi yang sering menonton film musibah, khususnya manusia versus binatang buas, tentu tahu ada beberapa tokoh yang tewas.

Dalam Crawl, penonton dengan mudah menandai siapa saja yang datang dan pergi begitu cepat. Lagi-lagi, Alexandre punya siasat untuk membuat momen yang mudah ditebak terasa mencekam. Teror acapkali datang dari arah tak terduga. Menu utama Crawl jelas bencana. Namun Crawl punya cerita samping yang tak kalah menarik, yakni hubungan ayah dan anak berbungkus rindu dendam. Sebagian dari masa lalu tokoh utama diceritakan secara lisan dengan ekspresi sarat emosi.

 

Perjuangan Hidup

Crawl (Paramount Pictures)

Agar tidak menjemukan dan terkesan menggampangkan masa lalu, sebagian lagi dieksekusi lewat metode kilas balik. Disajikan dengan durasi ringkas, kurang dari 90 menit, Crawl menjadi kisah yang tak banyak basa-basi, langsung ke pokok persoalan, diakhiri momen minus dramatisasi berlebih. Ini tentang seorang perempuan yang menelan banyak kepahitan dan kekalahan dalam hidup. Ia dipaksa keadaan untuk berjuang dan mengeluarkan semua daya. 

Di titik genting, orang bisa mengeluarkan kemampuan yang tak pernah disangka. Kaya menghidupkan tokoh Haley dengan letupan emosi yang kuat. Sesekali ia tampak rapuh, kecewa, haus kasih sayang, ambisius, dan tak mau kalah begitu saja. Penggambaran hubungannya dengan sang ayah pun tidak instan. Semula berjarak lalu sesuatu yang buruk menguatkan ikatan batin mereka. Satu dua adegan konyol mewarnai film ini. Kita bisa memaafkan itu dan terhibur hingga menit akhir.

Bagi yang ingin menonton Crawl, kami sarankan bergegas mengingat lawannya pekan ini berat, Spider-Man Far From Home. Sementara minggu depan, ada The Lion King.

Kita tahu sama tahu keduanya punya penggemar garis keras lintas usia dan dapat dipastikan memborong banyak layar. Crawl sangat mungkin menjadi kuda hitam yang bertahan di tengah gempuran produk Marvel Studios dan Walt Disney. Untuk jadi kuda hitam, Crawl butuh dukungan Anda.

 

Pemain: Kaya Scodelario, Barry Pepper, Ross Anderson, Morfydd Clark, Amy Metcalf, George Somner, Anson Boon

Sutradara: Alexandre Aja

Penulis: Michael Rasmussen, Shawn Rasmussen

Produksi: Paramount Pictures

Durasi: 1 jam, 27 menit

 

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11-7-1973: Mati Lemas Penumpang Pesawat Varig 820 Akibat Petaka Puntung Rokok

Posted: 10 Jul 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah petaka di udara terjadi 46 tahun lalu. Puntung rokok diduga kuat jadi penyebab banyak penumpang di pesawat Varig 820 tewas akibat mati lemas kehabisan oksigen tercekik asap pada 11 Juli 1973.

Detik-detik musibah itu bermula saat tiba-tiba api muncul dari dalam toilet pesawat Varig 820 yang sedang mengudara. Kepanikan sontak terjadi di penerbangan internasional itu.

Api yang berkobar, diduga dari puntung rokok di toilet, memicu asap pekat yang mencekik napas para penumpang pesawat Boeing 707-345C dengan nomor seri 19841 itu. Awak kabin cepat-cepat berlari menuju bagian depan pesawat, dekat pintu darurat.

Mengetahui hal gawat terjadi di pesawat, pilot pun akhirnya pilot memutuskan pendaratan darurat.

Burung besi yang dijadwalkan terbang dari Bandara Galeao, Rio de Janeiro, Brasil ke Bandara Orly, Paris, Prancis itu akhirnya mendarat darurat pada 11 Juli 1973, di sebuah lapangan di Saulx-les-Chartreux, sebuah area yang terletak sekitar 5 km sebelah selatan dari bandara tujuan.

Pesawat mendarat 5 km dari landasan pacu tujuan, dengan benturan yang sangat keras. Meski bisa sampai darat dengan selamat, 123 orang penumpang -- yang mayoritas asal Brasil -- dinyatakan tewas. Bukan karena pendaratan tapi disebabkan sesak napas akibat asap dari puntung rokok yang terbakar di toilet pesawat.

Hanya 1 Penumpang Selamat...

Pesawat penerbangan Varig  820 yang mendarat darurat dan membentur keras. (AirDisaster.com)

Hanya 1 penumpang yang beruntung selamat. Para awak pesawat jauh lebih beruntung, ada 10 yang tak kehilangan nyawa.

Mereka yang selamat berada di kokpit dan di bangku baris pertama, meloloskan diri dari pesawat lewat pintu darurat di bagian atas kokpit.

Meski selamat dalam insiden 1973, kapten penerbangan Varig 820, Gilberto Araujo da Silva, dinyatakan hilang pada 30 Januari 1979 saat menerbangkan kargo menggunakan Boeing 707 PP-VLU di atas Samudera Pasifik -- 6 tahun setelahnya.

Puntung Rokok

Ilustrasi Merokok

Penyelidikan insiden kebakaran menemukan fakta, api muncul dari sampah toilet pesawat yang terbakar. Diduga akibat puntung rokok yang masih menyala dilemparkan ke dalamnya.

Saat itu, merokok di pesawat belum merupakan pelanggaran hukum. Baru pada 1989 Federal Aviation Administration (FAA) mengeluarkan larangan merokok di pesawat karena berbahaya bagi penerbangan.

Aturan tersebut kemudian diberlakukan secara meluas bagi pesawat domestik dan asing yang terbang ke dan dari AS pada 1998. Belakangan, larangan  serupa diterapkan di seluruh dunia.

Di antara mereka yang meninggal dalam tragedi Varig 820 adalah orang-orang terkenal. Mereka adalah pelaut Jorg Bruder, Presiden Senat Brasil Filinto Muller, penyanyi Agostinho dos Santos, jurnalis TV Globo Antonio Carlos Scavone, pembalap Formula 3 dan penanggung jawab acara Formula 1 yang digelar di Brasil. Lalu ada revolusioner Argentina Jose Joe Baxter.

Peristiwa tragis lainnya juga terjadi pada 11 Juli 1970. Saat itu sebuah roket Angkatan Udara Amerika Serikat jatuh di Daerah Sunyi Mapimí, Meksiko, yang selanjutnya menimbulkan legenda urban bahwa di daerah tersebut sinyal radio tidak dapat diterima.

Sementara sebelumnya pada 11 Juli 1405, penjelajah Tiongkok Cheng Ho memulai pelayaran pertamanya ke daerah-daerah di Samudra Hindia atas perintah Kaisar Yongle.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Tak Disukai Pegawai? Mungkin Ini 3 Penyebabnya

Posted: 10 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C. - Pada Juni lalu, situs 25/7 Wall St. merilis data 18 perusahaan terburuk di Amerika Serikat (AS). Data itu turut menimbang pendapat dari para pegawai yang bekerja di sana.

Supermarket The Fresh Market mendapat peringkat satu dalam perusahaan terburuk. Jumlah pegawai yang mau merekomendasikan The Fresh Market sebagai tempat kerja hanya 25 persen. Sementara, rating perusahaan itu di situs Glassdoor amat rendah, yakni 2,2/5. 

Masalah di perusahaan itu adalah kurangnya kepercayaan pegawai ke manajemen atas menjadi salah satu alasan buruknya kepuasan bekerja perusahaan tersebut.

Situs bisnis Inc. pun memberikan penjelasan dan solusi mengapa perusahaan bisa masuk daftar terburuk seperti yang ada di daftar 24/7 Wall St. Berikut ulasannya.

1. Masalah Komitmen

Ilustrasi Bos (pixabay.com)

Satu kemiripan di 18 perusahaan terburuk adalah kemunafikan. Para manajemen jago melontarkan slogan inspiratif tetapi penerapannya justru berbanding terbalik.

Salah satu contohnya adalah perusahaan software CompuCo yang ada di peringkat 11 perusahaan terburuk. Situs itu menyebut mitra mereka adalah "jantung dan jiwa", tetapi pegawai banyak mengeluh kurangnya gaji, serta perkembangan karier yang jarang.

Jika ingin membuat pegawai mencintai perusahaa, lakukan hal yang berlawanan dengan CompuCo. Sampaikan misi menarik agar bisa memikat orang-orang terbaik, dan berikan penghargaan bagi mereka yang berhasil melaksanakannya.

2. Masalah Komunikasi

Izin telat datang ke kantor karena masih ingin melihat anjingnya yang sedang tidur, perempuan ini dapat respon mengejutkan dari si bos. (Ilustrasi: Women in the World)

Kurangnya komunnikasi antara eksekutif dan pegawai kerap menjadi keluhan utama. Perusahaan Conduent yang berada di peringkat enam perusahaan terburuk mendapat keluhan karena faktor komunikasi, dan hanya 34 persen pegawai yang akan merekomendasikan perusahaan itu.

Untuk membuat hubungan pegawai yang baik, gambarkan misi dan nilai perusahaan, dengarkan para pegawai, dan kenali orang-orang yang memiliki nilai-nilai perusahaan.

Perusahaan Cronos yang menjadi salah satu perusahaan favorit versi The Boston Globe dikenal memilik kultur komunikasi yang baik. Perusahaan juga berkomitmen memberikan pegawai fleksibilitas, tanggung jawab, dan respek.

3. Masalah Kemajuan Karier

Ilustrasi perjalanan (Ilustrasi: Pexels.com)

Kebanyakan pegawai di 18 perusahaan terburuk mengeluhkan keadaan mereka bagai call center. Penyebabnya adalah manajemen yang memberikan terlampau banyak beban atau overbearing.

Akibatnya, pegawai terlampau lelah dan memutuskan untuk hengkang. Memberikan pegawai rasa hormat dan peluang untuk memajukan karier seperti naik gaji dapat menjadi solusi.

Perusahaan terburuk umumnya percaya bahwa pegawai harus selalu menuruti perintah dan menderita dalam diam. Lakukanlah hal sebaliknya, pekerjakan orang-orang hebat, berikan peluang untuk maju, serta buat inovasi dan kepedulian kepada konsumen.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pabrik Kapur di Majalengka dapat Pasokan Gas PGN

Posted: 10 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengalirkan gas (gas in) ke CV Salsabila, perusahaan yang bergerak di sektor pengolahan batu gunung menjadi kapur di Majalengka, Cirebon, Jawa Barat.

Sales Area Head PGN Cirebon, Makmuri, mengatakan, CV Salsabila menjadi pelanggan baru PGN di Area Penjualan Cirebon setelah menandatatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan volume pemakaian gas bumi 114 ribu sampai 132 ribu m3 per bulan dengan jangka waktu selama 4 tahun. Periode penyaluran mulai dari gas in Juli 2019 hingga 31 Maret 2023.

"Ini merupakan sebuah terobosan karena CV Salsabila menjadi satu-satunya industri kapur yang ada di Indonesia yang menggunakan gas bumi untuk pembakaran kapurnya," kata Makmuri, diJakarta, Kamis (10/07/2019).

CV Salsabila membutuhkan bahan bakar dari gas bumi untuk membantu proses pembakaran batu gunung menjadi kapur. Kapur yang dihasilkan tersebut kemudian digunakan sebagai campuran bata ringan, pengolahan limbah industri, dan kebutuhan industri lainnya.

PGN Cirebon Makmuri menambahkan, efisiensi yang diperoleh perusahaan ini setelah menggunakan gas bumi memang tidak dapat diukur secara kuantitatif.

"Namun, CV Salsabila mendapatkan keuntungan lainnya, yakni citra dan kualitas yang lebih baik di mata pelanggannya karena dengan menggunakan gas bumi, kualitas hasil pembakaran kapurnya menjadi lebih matang dan sempurna," ujar Makmuri.

 

Jadi Alternatif Sumber energi

Anak usaha PGN, yakni PT PGN LNG Indonesia (PLI) berkongsi dengan PT Pelindo Energi Logistik selaku anak usaha Pelindo III ditugaskan menggarap pembangunan Terminal LNG Teluk Lamong.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menambahkan, saat ini gas bumi masih menjadi alternatif sumber energi yang dapat membantu mendorong daya saing dalam negeri. Ditambah, saat ini industri dituntut untuk semakin efisien dalam penggunaan bahan bakar.

"Gas bumi merupakan salah satu energi yang dapat memberikan efisiensi dan paling bersih serta aman digunakan, dibanding bahan bakar fosil lainnya," tandasnya.

PGN akan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional. Pada 2018, infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 2.456 km dan saat ini mencapai lebih dari 9.909 km atau setara dengan 95 persen dari jaringan pipa gas bumi hilir nasional.

Dari infrastruktur tersebut, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 1.739 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.984 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 177.710 pelanggan rumah tangga yang dibangun dengan investasi PGN. Pelanggan Gas Bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong, Papua Barat.

PGN Genjot Pemanfaatan Gas Bumi di Perumahan

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berhasil mempertahankan kinerja positif pada tahun lalu, baik dari sisifinansial maupun operasional.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menjalin kerja sama, pemanfaatan gas bumi sebagai energi bersih untuk perumahan dan komersial.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU), dilakukan Direktur Utama PGN Gigih Prakoso ,Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata , Sekretaris Jenderal REI Totok Lusida.

Gigih mengatakan, isi MoU antara lain memuat kesepakatan keduanya, untuk melaksanakan kerjasama pemanfaatan gas bumi sebagai energi bersih, untuk perumahan dan komersial yang saling menguntungkan.

Lebih jauh,  ruang lingkup kerjasama mencakup kerja sama implementasi penggunaan dan pembangunan jaringan gas, dalam proyek properti anggota Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI).

Selain itu poin kesepakatan juga memuat kesempatan kerja sama yang memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing.

"MoU ini  intinya akan memayungi kerja sama yang saling menguntungkan di antara PGN dengan para aggota REI," kata Gigih‎, di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Kerja sama ini, sebut Gigih, merupakan langkah strategis bagi kedua entitas. sebab REI selaku asosiasi mempunyai ratusan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan kemampuan serta keunggulan pengalaman di bidang properti.

"Tentunya industri properti mempunyai prospek yang tetap cerah di Indonesia, pemain utamanya adalah anggota REI. Keberadaan properti baru juga merupakan pasar potensial bagi PGN mengembangkan dan memperluas layanan terutama seputar gas bumi," papar Gigih.   

Bangun Kemitraan Jangka Panjang

Petugas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memeriksa meteran jaringan gas bumi di perumahan warga di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12). Pemerintah melalui PGN memberi tambahan 5.120 jargas pada tahun 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Soelaeman mengungkapkan, kedua entitas berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis jangka panjang, dengan memanfaatkan kompetensi masing-masing. Terlebih lagi, kerja sama ini akan menciptakan nilai lebih bagi masyarakat secara jangka panjang.

REI sebagai organisasi developer perumahan terbesar menyambut baik program kerjasama dengan PGN ini, sebagai sebuah terobosan dalam pengembangan perumahan.

"Penggunaan jaringan gas sebagai sumber energi bagi perumahan akan memberikan value added bagi developer,  dalam mewujudkan produk perumahan yang hemat energi dan ramah lingkungan," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Gas Alam Berlangganan]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Kemiripan, De Jong Ingin Juara Liga Champions Bersama Barcelona

Posted: 10 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Frenkie De Jong bertekad membawa klub barunya, Barcelona menjuarai Liga Champions 2019/2020. Baik De Jong dan Barcelona mempunyai kemiripan nasib di Liga Champions musim lalu.

De Jong saat masih memperkuat Ajax Amsterdam gagal ke final Liga Champions. Mereka disingkirkan klub asal Inggris, Tottenham Hotspur dengan skor agregat 3-3, kalah agresifitas gol tandang, di semifinal.

Sedangkan Barcelona disingkirkan Liverpool di putaran serupa. Padahal, Los Blaugrana, sebutan Barcelona, sempat unggul 3-0 di leg pertama, tapi kalah 0-4 di kandang Liverpool pada leg kedua.

"Saya percaya bahwa Barcelona, begitu juga dengan saya, ingin menjuarai Liga Champions musim ini. Saya harap kami bisa melakukannya," ujar De Jong kepada Barca TV.

"Saya tahu rasanya tersingkir di semifinal dan saya tidak mau merasakannya lagi," ucap gelandang Barcelona berusia 22 tahun tersebut, melanjutkan.

Tekanan Tinggi

Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)

Kendati demikian, pemain kelahiran Gorinchem, Belanda itu juga menyadari tekanan tinggi di Barcelona. De Jong yakin bisa mengatasi hal tersebut karena pernah merasakannya saat bersama Ajax Amsterdam.

"Saya tahu tidak ada yang mengharapkan Ajax juara Liga Champions, tapi tekanan di sana juga tinggi. Di Piala KNVB dan liga, mereka mengharapkan Anda untuk menjuarai segalanya dan melakukannya dengan memainkan sepakbola atraktif," ucap De Jong.

"Di Barcelona juga sama, tapi juga ada tekanan lebih untuk menjuarai Liga Champions. Kalau Anda adalah Barcelona, Anda harus memenangi semua gelar yang ada," katanya.

Nomor Impian

Frenkie de Jong punya nomor punggung impian dipakainya pada musim 2019/2020. Melansir Barca Blaugranes, Senin (8/7/2019), gelandang asal Berlanda itu ingin menggunakan nomor punggung 21.

"Saya merasa nyaman dengan nomor itu. Saya bisa dengan mudah bermain dengan yang lain, tapi itu bagus karena itu juga memberi orang kemampuan untuk dikenali," ujarnya mengakhiri.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usir Kecoa Gunakan Sumpit, Wanita Ini Justru Ciptakan Musik Unik

Posted: 10 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hewan yang kerap dianggap menganggu dan menjijikkan yaitu kecoa. Kecoa biasa ditemui di rumah. Tak jarang banyak orang yang mencoba mengusir hewan kecil ini. Namun sayangnya mengusir kecoa tak semudah dibayangkan. 

Kecoa termasuk alam hewan kecil yang gesit dan sulit untuk diusir. Bahkan kecoa ini bisa membuat siapapun menjerit ketakutan. Makhluk kecil yang dianggap menyeramkan dan merangkak ini menjadi gangguan yang kerap bersembunyi di sudut gelap atau terbang di atas kepala seseorang pada saat-saat paling tak terduga. Maka dari itu perlu usaha ekstra untuk mengusir serangga ini. 

Seperti yang dilakukan oleh seorang ibu asal Jepang ini. Namun bukan usaha ekstra yang membuatnya viral di media sosial ketika mengusir kecoa, melainkan aksinya ketika memainkan sumpit untuk mengusir kecoa. 

Aksi Usir Kecoa yang Jadi Viral di Medsos

Seorang wanita usir kecoa di kompor gunakan sumpit justru jadi alunan musik. (Sumber: World of Buzz)

Seorang ibu dari Jepang baru saja merasakan gangguan yang cukup terasa ketika seekor kecoa memasuki rumahnya. Kecoa itu berkelairan diantara sela-sela kompor di dapurnya. Aksi ini kemudian diunggah dalam sebuah video di media sosial Twitter @darakkuma214 dilansir oleh Liputan6.com, Kamis (11/7/2019). 

Awalnya anak dari ibu tersebut mencoba membunuh kecoa itu dengan semprotan khusus, namun kecoa itu berhasil lolos dan masuk ke dalam sela-sela kompor. Keluarga tersebut memiliki kompor set yang terpasang di sebuah meja lengkap dengan laci dibawahnya. Si ibu kemudian mengambil sumpit dan mulai mengusir kecoa tersebut yang sedang bersembunyi.

Ketika mengusir kecoa itu, ibu ini justru menciptakan melodi yang indah kombinasi dari ketukan sumpit dan juga tarikan laci. Meskipun ibu itu tidak ada niat untuk  menciptakanya dan hanya berfokus untuk mengeluarkan kecoak, usahanya yang serius sekaligus lucu ternyata merupakan tampilan keterampilan perkusi yang cukup mengesankan. Aksi ini direkam oleh anak perempuannya yang membantunya. Sontak unggahan itu menarik perhatian netizen. 

@darakkuma214 mengunggah video tersebut pada 7 Juli 2019 lalu. Unggahan tersbeut berhasil ditonton sebanyak 11,8 juta pengguna twitter lainnya. 

Respon Netizen

Seorang wanita usir kecoa di kompor gunakan sumpit justru jadi alunan musik. (Sumber: World of Buzz)

Walaupun hanya berdurasi 4 detik, video itu berhasil ditonton sebanyak 11,8 juta dan meraih retweets sebanyak 227,357 kali. Tentunya netizen juga banyak yang meninggalkan komentar. Netizen sangat terkesan dengan aksi berirama tersebut sehingga beberapa dari mereka bahkan mulai membuat ilustrasi, skor, remix dan mashup menggunakan video viral ini. 

"Kecoa itu pasti panik" tulis @irukanigohan.

"Maafkan aku, tetapi aku ingin tertawa," komentar @aJTZ2NBmZEEFjM.

"Aku juga memiliki sumpit, jadi sepertinya aku akanmelakukan hal yang sama," imbuh @tamaki8TMK.

"Ini adalah cara yang bagus, karena jika menyalakan api kecoa itu itu justru akan mati dan menyumbat," timpal @83fJNmdPtnIdPbr. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Pembukaan Restoran Garuda, Sekjen DPD RI: Wujud Nyata dari Pengembangan Wirausaha

Posted: 10 Jul 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Restoran Garuda menggelar syukuran pembukaan cabang ke XIX - Cikini Raya yang bertempat di jalan Jalan Cikini Raya No. 26 (Depan TIM) Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Reydonnyzar "Donny" Moenek yang hadir dalam acara tersebut, memberikan apresiasi atas dibukanya Restoran Garuda Cabang ke XIX. Hadirnya Restoran Garuda Cabang ke XIX - Cikini Raya menurutnya merupakan wujud nyata dari pengembangan wirausaha dalam menggapai peluang bisnis.

"Kehadiran Restoran Garuda juga semakin menyemarakkan dunia kuliner, khususnya kuliner minang dan sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi putera puteri daerah," ujar Mantan Penjabat Gubernur Sumatera Barat tersebut.

Dia melanjutkan, kehadiran Restoran Garuda ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan asli daerah melalui pajak restoran.

"Bisnis kuliner tidak ada habisnya, akan selalu ada pengunjungnya meskipun banyak usaha lain di bidang kuliner. Yang terpenting adalah meningkatkan kualitas cita rasa masakan serta membangun jaringan yang lebih luas agar usaha dimaksud mampu bertahan," tukas Mantan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Sejarah Berdirinya Rumah Makan Garuda

Seperti diketahui, sejarah berdirinya Rumah Makan Garuda sejak tahun 1976 diawali dengan niat pendirinya, alm. H. Bakhtar, untuk banting setir dari pedagang kain menjadi juragan bisnis kuliner. Kini, di bawah pengelolaan generasi kedua RM Garuda memiliki 19 outlet, 16 outlet di kota-kota besar Indonesia dan tiga outlet di Singapura. Zulhelfi, SE, yang mengambil operasional RM Garuda sejak sang pendiri meninggal pada 199.

RM dan Buffet Garuda didirikan sejak tahun 1976 oleh alm. H. Bakhtar. Cikal bakal pendirian berawal dari niat Bakhtar untuk banting setir dari kegiatan sehari-harinya yang berjualan kain di Pasar Perniagaan. Menyadari kondisi perdagangan kain yang semakin menurun, maka Bakhtar memberanikan diri untuk mempelajari bentuk bisnis yang lain. Sebelum menjalankan bisnis rumah makan, pendiri melakukan perjalanan ke Palembang untuk berguru kepada adiknya yang telah menjalankan bisnis rumah makan.

Sekembalinya dari sana, Bakhtar mulai menjalankan bisnis rumah makan pertamanya di Jalan Pemuda. Saat itu, bangunan yang digunakan masih bangunan sewa dan sang istri, Yulinar juga ikut membantu di dapur untuk memberi pengarahan menu kepada juru masak. Konsentrasi ke masakan Minang karena latar belakang Bakhtar yang berasal dari Padang.

Untuk menambah permodalan, di awal usahanya Bakhtar melakukan join dengan adiknya. Namun di tengah jalan, terjadi pemisahan di tahun 1990 dan berdiri sendiri hingga saat itu. Sejak Bakhtar meninggal di tahun 1995, saya mengambil alih seluruh operasional RM Garuda.

Sama seperti usaha lainnya, RM Garuda didirikan juga dengan penuh perjuangan. Mulai dari sepinya pengunjung di tahap awal hingga sulitnya keuangan untuk mendanai usaha menyebabkan harta benda Bakhtar harus disita bank. Namun dengan usaha keras, Bakhtar dapat bangkit dan secara perlahan mulai mendirikan cabang di dalam kota hingga ke luar kota. Kisah jatuh bangun juga terjadi di tahun 2008, ketika salah satu cabang RM Garuda di Jalan Gajah Mada terbakar, dan setelah melalui proses renovasi akhirnya dibuka kembali tahun 2009.

Awal ekspansi dilakukan di tahun 1978, RM Garuda memiliki cabang ke luar kota yaitu kota Tebing Tinggi (saat ini telah ditutup). Saat itu, pasar mulai terbentuk dan permintaan pelanggan mulai tinggi. Setelah melakukan analisis pasar, Bahktar mulai melakukan pelebaran sayap terhadap usahanya. Setahun kemudian, 1979 dibuka lagi cabang kedua di Jalan Gatot Subroto (telah ditutup).

Saat ini RM Garuda telah memiliki 16 cabang RM Garuda di Indonesia di antaranya 8 cabang di Medan, 1 cabang di Lampung, 5 cabang di Jakarta, dan 2 cabang anak usaha yang diberi nama "RM Berjaya". Sementara di luar negeri, Rumah Makan Garuda memiliki 3 cabang di Singapura.

Untuk melakukan inovasi, manajemen selalu melakukannya setiap saat dan hampir setiap tahun ada sesuatu yang baru. Baik dari sisi menu, interior, bahkan strategi pemasaran. ide baru selalu muncul. Kegemaran akan berkunjung ke restoran lain untuk mengamati menjadi salah satu kunci.

Contohnya melakukan terobosan untuk melakukan servis antar makanan (delivery) dengan menggunakan sepeda motor. Agar pelayanan berjalan cepat dan bersih, makanan yang diantar dibawa dalam sajian kotak. Saat pertama kali menjual makanan dengan kotakan, rumah makan Garuda menjadi pionirnya termasuk juga pengantaran tim dengan sepeda motor ke tujuan, bahkan ada juga beberapa inovasi menu yang pernah dilakukan.

Transformasi dilakukan dengan perlahan sambil menerapkan sistem manajemen. Bisnis Kuliner sangat konsentrasi terhadap manajemen moderen. Setiap ilmu yang dipelajari diterapkan sambil melihat kondisi pasar.

Dengan menjalankan sistem manajemen kekeluargaan, dirinya mengembangkan tiga divisi yang masing-masing saling berhubungan. Divisi produksi, divisi pelayanan, dan divisi pemasaran. Setiap cabang memiliki tiga divisi dengan ketua dan anggota yang dikomandani.

Kunci suksesnya adalah pelanggan pulang dengan puas. Kunci ini telah diterapkan sejak awal berdiri. Sehingga tidak ada keraguan untuk selalu mempertahankan kualitas masakan sehingga harus rela masak berkali-kali dalam sehari.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Kecanggihan Fitur Baru Kamera ETLE

Posted: 10 Jul 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai diuji sejak November 2018 lalu di ruas jalan Sudirman-Thamrin. Selama masa uji coba, kemampuan kamera CCTV untuk menangkap pelanggaran baru sebatas pelanggaran marka jalan dan menerobos lampu merah.

Kini Polda Metro Jaya sudah resmi menerapkan sistem tersebut. Kemampuan kamera CCTV pun ditingkatkan, dengan penambahan fitur. Kamera CCTV itu sudah bisa merekam pelanggaran yang dilakukan pengemudi secara lebih detail.

"CCTV yang baru ini memiliki fitur tambahan yang lebih canggih, karena mampu melihat dalam mobil, walau mobil itu menggunakan kaca gelap dan pada kondisi malam hari. Sehingga pelanggaran penggunaan ponsel saat berkendara dan pelanggaran tidak mengenakan sabuk pengaman bisa tertangkap kamera. Pelanggaran ganjil genap juga bisa ditangkap kamera," terang Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, Rabu (10/7/2019), disitat dari Merdeka.com.

Lanjut Yusuf, penerapan ETLE cukup efektif dan efisien. Kamera Automatic Number Plate Recognition (ANPR) bisa mendeteksi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor secara otomatis, merekam, dan menyimpan bukti pelanggaran.

 

1. Mekanisme ETLE

Kendaraan yang tertangkap kamera ANPR langsung tercatat di server operator Regional Traffic Management Centre (RTMC) Polda Metro Jaya. Data tersebut langsung diolah oleh petugas. Dalam hal ini, pengolahan data meliputi pengecekan identitas kendaraan bermotor (ranmor) di database Regident Ranmor.

Kemudian, petugas akan membuat surat konfirmasi dan verifikasi, selanjutnya mengirim surat konfirmasi ke alamat yang tertera dalam data pemilik kendaraan menggunakan Pos Indonesia.

Setelah mendapatkan surat konfirmasi pemilik kendaraan wajib melakukan konfirmasi penerimaan melalui website www.etle-pmj.info atau dengan melakukan scan barcode pada surat konfirmasi. Pemilik kendaraan juga dapat mengirimkan kembali blanko konfirmasi tersebut ke posko ETLE di Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Pelanggar diberikan waktu 5 hari untuk melakukan konfirmasi. Dengan metode konfirmasi ini pemilik kendaraan dapat menglarifikasi siapa yang menjadi subjek pelanggar termasuk jika kendaraan telah dijual ke pihak lain dan belum dilakukan proses balik nama. Setelah proses konfirmasi dari pemilik kendaraan diterima, selanjutnya pelanggar akan diberikan tilang biru sebagai bukti pelanggaran serta kode bri virtual (briva) sebagai kode virtual pembayaran tilang melalui Bank BEI. Jadi proses ini benar-benar murni digital IT," papar lulusan Akpol 1993 ini.

Nantinya, pelanggar diberikan waktu selama tujuh hari lagi untuk melakukan pembayaran denda tilang. "Jika ada pembayaran akan dilakukan pemblokiran STNK sementara sampai denda tersebut dibayarkan," kata Yusuf.

Menurutnya, karena semua sudah tersistem dengan baik, tidak lagi parsial, otomatis akan menghapus interaksi petugas kepolisian dan pelanggar.

"Karena itu tak ada celah potensi terjadinya pungli maupun suap yang dilakukan oleh oknum yang dapat merusak citra Kepolisian. Selama inikan kami mendapat image sebagai tukang tilang. Karena itu, harapannya melalui penerapan ETLE ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, sebagai perubahan budaya dan perilaku masyarakat," tegas Yusuf.

2. Ribuan Pelanggaran

Hingga kini sebanyak 12 kamera ditempatkan di sepanjang ruas jalan Sudirman jalan MH Thamrin, dan akan terus bertambah hingga 81 kamera di 25 persimpangan jalan besar di Jakarta.

"Saat ini kami fokus pertama kami di kawasan Sudirman-Thamrin yang merupakan etalase Jakarta.Ini menjadi pilot project dalam penerapan ETLE ke depan di seluruh Indonesia," pungkas Yusuf.

Dalam catatan Ditlantas Polda Metro jaya, tilang elektronik ini diklaim mampu menurunkan jumlah pelanggar hingga 40 persen. bayangkan, dalam satu minggu terakhir ini tercatat 1.134 pelanggaran yang terekam kamera ANPR.

Selain itu, ETLE juga menjadi langkah awal pengembangan smart city yang dimulai dari jalan raya sekaligus mempersiapkan diri dalam menyambut revolusi industry 4.0. Modernisasi sistem penegakan hukum di bidang lalulintas ini otomatis mampu memperbaiki pelayanan pemerintah yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan arah kebijakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, yakni program promoter dengan prioritas pada peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi serta penegakkan hukum yang lebih professional dan berkeadilan.

Maka, ETLE menjadi kontribusi nyata dari Ditlantas Polda Metro Jaya dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas khususnya di Ibu Kota Jakarta.

Sumber: Merdeka.com

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: