Minggu, 21 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tanpa Harta Gana-Gini, Song Song Couple Resmi Cerai

Posted: 21 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengajukan gugatan cerai, Song Joong Ki akhirnya resmi berpisah dengan sang istri, Song Hye Kyo. Putusan gugatan yang terkabul itu dibacakan pada Senin (22/7/2019) pukul 10.00 waktu setempat.

Agensi Song Hye Kyo, United Artists Agency (UAA), mengumumkan berita perceraian tersebut dalam keterangan resmi. Meski telah berpisah, ternyata tak ada pembagian harta apapun di antara keduanya.

"Hari ini, 22 Juli 2019, Song Hye Kyo telah resmi bercerai di Pengadilan Keluarga Seoul. Mediasi diikuti kedua pihak dan telah diputuskan bahwa tidak ada tunjangan suami atau istri maupun pembagian aset dan properti apapun," ungkap UAA sebagaimana dilansir dari Soompi, Senin (22/7/2019).

Pasangan favorit pecinta drama Korea Descendant of The Sun ini hanya bertahan 1 tahun 8 bulan saja. Berita keretakan rumah tangga keduanya sudah tercium jauh-jauh hari, mulai dari perbedaan kepribadian hingga spekulasi adanya orang ketiga.

Sementara, Song Song Couple memutuskan untuk bercerai secara baik-baik tanpa melalui sidang. Mereka juga terlihat menjalani aktivitas tanpa gangguan apapun.

Song Hye Kyo dan Song Joong Ki Resmi Bercerai

Dilansir dari Soompi, dengan adanya keputusan pengadilan tersebut hubungan suami istri Song Joong Ki dan Song Hye Kyo telah berakhir. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Biduk rumah tangga Song Hye Kyo dan Song Joong Ki telah berakhir. Pengadilan Keluarga Seoul telah memutuskan perceraian Song Song Couple pada Senin (22/7/2019) pukul 10.00 waktu setempat.

Dilansir dari Soompi, dengan adanya keputusan pengadilan tersebut, Song Hye Kyo dan Song Joong Ki sudah tak lagi berstatus sebagai suami istri.

Proses cerai ini termasuk singkat. Terhitung kurang dari sebulan sejak Song Joong Ki melayangkan gugatan, pengadilan memutuskan perceraian mereka.

"Perceraian aktris Song Hye Kyo diselesaikan hari ini (22 Juli) di Pengadilan Keluarga Seoul. Kami memberi tahu Anda bahwa prosedur arbitrase diselesaikan dengan kedua belah pihak menyetujui perceraian tanpa tunjangan atau pembagian properti," tulis keterangan UAA, agensi yang menangani Song Hye Kyo.

Tanpa Persidangan

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo resmi menikah pada Oktober 2017 lalu, Pernikahan yang belum genap menginjak usia 2 tahun ini harus berakhir dengan perceraian. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Seperti diberitakan sebelumnya, perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo berjalan tanpa melalui persidangan karena keduanya telah sepakat berpisah.

Berdasarkan pengamatan ahli hukum, proses perceraian pasangan ini diperkirakan akan memakan waktu kira-kira satu bulan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Natalie Portman Resmi jadi Thor Perempuan

Posted: 21 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Natalie Portman resmi ditunjuk Marvel menjadi pemeran Jane Foster, yang nantinya akan menjadi Thor perempuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Fungsi MPR dan DPR, Lembaga Legislatif Pilar Negara

Posted: 21 Jul 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta MPR dan DPR memiliki hubungan erat yang tidak bisa dipisahkan dari pemerintahan Indonesia. Kedua lembaga legislatif negara ini merupakan pembuat Undang Undang yang menjadi dasar atas kerja pemerintah.

Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR adalah sebuah lembaga legislatif yang anggotanya dipilih oleh rakyat melalui pemilu. MPR ini punya beberapa tugas seperti melantik presiden dan wakil presiden yang sudah dipilih melalui pemilu.

Sedangkan DPR adalah sebuah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dari anggota partai politik yang sudah terpilih dari hasil pemilu. Masa jabatan masing-masing anggota DPR adalah selama lima tahun. Masa jabatan anggota DPR ini berakhir ketika anggota DPR yang baru mengucapkan sumpah.

Fungsi MPR dan DPR tentunya berbeda satu sama lain, namun tetap bertujuan untuk kepentingan negara. Oleh karena itu, kamu perlu mengerti tentang perbedaan fungsi MPR dan DPR untuk mengetahui bagaimana pemerintah negara kita berjalan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/7/2019) tentang fungsi MPR dan DPR

Tugas dan Wewenang DPR Berdasar Fungsinya

Tugas dan Wewenang DPR (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Dalam pembahasan fungsi MPR dan DPR, pertama-tama kamu bisa mempelajari tentang tugas dan wewenang DPR berdasar fungsinya. DPR ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan. Dengan mengenal perbedaan fungsi MPR dan DPR ini, maka kamu bisa lebih paham tentang tugas dan wewenang lembaga legislatif negara tersebut.

Fungsi legislasi adalah fungsi yang berhubungan dengan perundang-undangan, fungsi anggaran adalah fungsi yang berhubungan dengan keuangan negara, sedangkan fungsi pengawasan adalah fungsi yang digunakan untuk mengawasi lembaga eksekutif agar melakukan tugasnya dengan baik.

Berikut tugas dan wewenang DPR berdasarkan fungsinya yang telah Liputan6.com rangkum dari Website DPR RI.

Terkait dengan fungsi legislasi, DPR memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut:

1. Menyusun Program Legislasi Nasional (Prolegnas)

2. Menyusun dan membahas Rancangan Undang-Undang (RUU)

3. Menerima RUU yang diajukan oleh DPD (terkait otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah; pengelolaan SDA dan SDE lainnya; serta perimbangan keuangan pusat dan daerah)

4. Membahas RUU yang diusulkan oleh Presiden ataupun DPD

5. Menetapkan UU bersama dengan Presiden

6. Menyetujui atau tidak menyetujui peraturan pemerintah pengganti UU (yang diajukan Presiden) untuk ditetapkan menjadi UU

Terkait dengan fungsi anggaran, DPR memiliki tugas dan wewenang.

Gedung DPR/MPR di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Memberikan persetujuan atas RUU tentang APBN (yang diajukan Presiden). Memperhatikan pertimbangan DPD atas RUU tentang APBN dan RUU terkait pajak, pendidikan dan agama. Menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang disampaikan oleh BPK.

Memberikan persetujuan terhadap pemindahtanganan aset negara maupun terhadap perjanjian yang berdampak luas bagi kehidupan rakyat yang terkait dengan beban keuangan negara. 

Terkait dengan fungsi pengawasan, DPR memiliki tugas dan wewenang:

1. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UU, APBN dan kebijakan pemerintah

2. Membahas dan menindaklanjuti hasil pengawasan yang disampaikan oleh DPD (terkait pelaksanaan UU mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan SDE lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan dan agama).

Tugas dan wewenang DPR lainnya, antara lain:

1. Menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat

2. Memberikan persetujuan kepada Presiden untuk: (1) menyatakan perang ataupun membuat perdamaian dengan Negara lain; (2) mengangkat dan memberhentikan anggota Komisi Yudisial.

3. Memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam hal: (1) pemberian amnesti dan abolisi; (2) mengangkat duta besar dan menerima penempatan duta besar lain

4. Memilih Anggota BPK dengan memperhatikan pertimbangan DPD

5. Memberikan persetujuan kepada Komisi Yudisial terkait calon hakim agung yang akan ditetapkan menjadi hakim agung oleh Presiden

5. Memilih 3 (tiga) orang hakim konstitusi untuk selanjutnya diajukan ke Presiden

Begitulah tugas dan wewenang DPR berdasar fungsinya. Dengan banyaknya tugas dan wewenang dari DPR, tentunya peran DPR tidak bisa disepelekan dalam kemajuan negara, menjadikan pembahasan fungsi MPR dan DPR menjadi sangat penting.

Tugas dan Wewenang MPR

Tugas dan Wewenang MPR (Liputan6.com/JohanTallo)

Selanjutnya, setelah membahas tugas dan wewenang DPR, tentunya kamu juga harus tahu tentang tugas dan wewenang MPR dalam pembahasan fungsi MPR dan DPR ini.

1. Mengenai tugas dan wewenang MPR, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

2. Melakukan perubahan terhadap UUD atau melakukan pembentukkan UUD yang baru

3. Menetapkan perubahan UUD yang telah dilakukan

4. Melakukan pelantikan terhadap Presiden dan Wakilnya disesuaikan dengan hasil Pemilu maupun sidang Paripurna MPR

5. Melakukan pelantikan terhadap Wakil Presiden sebagai Presiden jika Presiden berhenti maupun diberhentikan sebelum waktu masa jabatannya berakhir

6. Melakukan pemilihan terhadap Presiden dan wakilnya apabila keduanya sama – sama berhenti

7. Memberikan keputusan terhadap berbagai usulan yang diberikan oleh DPR dan Mahkamah Konstitusi mengenai pemberhentian masa jabatan Presiden atau wakilnya

8. Memutuskan dan mengeluraka peraturan maupun kode etik yang berlaku untuk MPR. 

Hak MPR

Untuk melakukan tugas-tugasnya, MPR memiliki beberapa hak seperti:

1. MPR berhak untuk mengajukan saran tentang amandemen pasal-pasal di dalam undang-undang dasar 1945.

2. MPR memiliki hak untuk menentukan sikap dan pilihannya dalam hal pengambilan keputusan.

3. MPR juga memiliki hak untuk memilih, dipilih, membela diri dan protokoler. 

Begitulah fungsi MPR dan DPR dilihat dari tugas dan wewenangnya masing-masing. Pada intinya, fungsi MPR dan DPR sebagai lembaga legislatif negara tentunya ada untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

Dengan fungsi MPR dan DPR yang sangat signifikan tersebut, sudah semestinya kita memperhatikan bagaimana lembaga legislatif tersebut bekerja untuk kepentingan rakyatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Triad Diduga Serbu Massa Aksi Pro-Demokrasi di MRT Hong Kong

Posted: 21 Jul 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Puluhan pria bertopeng bersenjata tongkat menyerbu sebuah stasiun kereta api di distrik Yuen Long, Hong Kong pada Minggu 21 Juli 2019 malam waktu lokal.

Rekaman yang diposting di media sosial menunjukkan para lelaki itu, semuanya memakai kaus putih dan bermasker, menyerang orang-orang di stasiun dan di dalam gerbong kereta MRT.

Tidak jelas siapa gerombolan dalam insiden Minggu, tetapi mereka dilaporkan spesifik menyerang penumpang dan orang-orang yang pulang dari demo.

Sebanyak 45 orang terluka, dengan satu orang dalam kondisi kritis.

Serangan itu menyusul unjuk rasa pro-demokrasi terbaru di pusat Hong Kong, tempat polisi anti huru-hara menembakkan gas air mata dan peluru karet ke arah para pengunjuk rasa, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (22/7/2019).

Massa menyerbu stasiun MRT Yuen Long sekitar pukul 22.30 waktu setempat (14.30 GMT), beberapa jam setelah bentrokan antara demonstran dan polisi di daerah Sheung Wan pada hari sebelumnya.

Yuen Long sendiri adalah distrik di pinggir Hong Kong, dan jauh dari lokasi protes pro-demokrasi.

Gerombolan Terafiliasi Triad Hong Kong?

Seorang anggota parlemen pro-demokrasi mempertanyakan mengapa polisi tidak datang lebih awal untuk membubarkan pertikaian.

"Hong Kong memiliki salah satu rasio polisi terhadap populasi tertinggi di dunia," kata Ray Chan dalam tweet. "Di mana (mereka saat kejadian)?"

Anggota parlemen oposisi lainnya menyatakan bahwa gerombolan itu diduga memiliki keterkaitan dengan kelompok kejahatan terorganisir (triad Hong Kong).

"Apakah Hong Kong sekarang mengizinkan triad untuk melakukan apa yang mereka inginkan, memukuli orang-orang di jalan dengan senjata?" anggota parlemen Lam Cheuk-ting beretorika kepada wartawan.

Jika terbukti bahwa gerombolan insiden Minggu terafiliasi triad, ini bukan pertama kalinya kelompok kejahatan terorganisir itu menargetkan massa pro-demokrasi di Hong Kong. Peristiwa serupa pernah terjadi pada 2017 selama protes serupa dan melukai sejumlah orang --the Daily Beast melaporkan.

Kata Otoritas Hong Kong

Bentrok polisi dan demonstran anti pemerintah Hong Kong (AP/Lo Kwanho)

Pemerintah Hong Kong mengonfirmasi kejadian dan mengutuk setiap kekerasan yang terjadi pada akhir pekan kemarin.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah mengatakan bahwa di Yuen Long "beberapa orang berkumpul di peron stasiun MRT dan gerbong, menyerang penumpang".

"Ini benar-benar tidak dapat diterima bagi Hong Kong sebagai masyarakat yang mematuhi aturan hukum. Pemerintah sangat mengutuk setiap kekerasan dan secara serius akan mengambil tindakan penegakan hukum."

Polisi Hong Kong juga mengatakan, "Beberapa orang menyerang penumpang di anjungan stasiun MRT Yuen Long dan gerbong, yang mengakibatkan banyak cedera."

Seputar Gelombang Protes di Hong Kong

Gekombang protes di Hong Kong dipicu oleh RUU setempat perihal ekstradisi, yang memungkinkan orang dikirim ke Tiongkok untuk diadili.

Para kritikus mengatakan, itu akan merusak independensi peradilan Hong Kong dan dapat digunakan untuk menargetkan orang-orang yang berbicara menentang pemerintah China.

Pemerintah Hong Kong menunda RUU tersebut, tetapi ini tidak menghentikan demonstrasi. Aksi protes telah bermanifestasi menjadi tuntutan yang lebih luas untuk reformasi demokrasi dan kekhawatiran bahwa kebebasan di wilayah eks-koloni Inggris itu sedang terkikis.

Demonstrasi Terbaru di Hong Kong

Demonstran Hong Kong di depan kantor kepolisian (AFP PHOTO)

Unjuk rasa anti-pemerintah di Hong Kong kembali berujung rusuh pada hari Minggu malam, ketika lusinan orang-orang bertopeng yang tidak dikenal menyerang para komuter yang kembali dari demonstrasi.

Di sebuah stasiun kereta api di distrik Yuen Long yang berada di perbatasan Hong Kong, puluhan pria --beberapa bertopeng-- memukuli penumpang dengan tongkat kayu.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (22/7/2019), sebagian penumpang kereta itu adalah mereka yang baru pulang dari aksi demonstrasi anti-pemerintah di Pulau Hong Kong.

Menurut beberapa saksi, alasan di balik serangan tersebut adalah karena banyak pengunjuk rasa yang pulang sebelum mendapat tanggapan dari pemerintah Hong Kong.

Baca selengkapnya...

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riasan Badut ala Siti Badriah Jelang Hari Pernikahannya

Posted: 21 Jul 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Siti Badriah menunjukkan penampilan berbeda jelang pernikahannya dengan Krisjiana Baharudin yang hanya tinggal menghitung hari lagi. Penyanyi cantik kelahiran Bekasi ini terlihat menggunakan riasan alas badut dalam unggahan di Instagram milik temannya pada Sabtu, 22 Juli 2019.

Ternyata, riasan itu bagian dari kejutan bridal shower dari sahabat bagi pelantun lagu "Lagi Syantik" itu. Siti Badriah terlihat total, ia mengenakan busana seperti ratu lengkap dengan makeup yang mirip seperti badut.

"One step closer neng syantik. Semoga lancar sampai hari H yaa Aamiin, jadi inget jaman baheulaaa," ujar Selvi Kitty di akun Instagramnya.

Meskipun berdandan ala badut, wanita yang akrab dipanggil Sibad ini tetap terlihat cantik dengan polesan lipstik merah yang lebar di bagian bibirnya. Ia juga memakai hiasan pernak-pernik berkilau di bagian dahinya.

Berbagai ungkapan warganet juga memenuhi kolom komentar wanita berusia 27 tahun itu. Ia mendapat ratusan ucapan selamat dari para penggemarnya. Namun, ada juga yang menyangka bahwa Sibad sedang berulang tahun karena kejutan bridal shower tersebut.

"Lancar sampai hari H neng syantik dan jodoh dunia akhirat ya sama aa," ujar salah satu warganet.

"Happy birthday teh sibad. Baru kali ini liat teh sibad serem," ujar warganet lainnya.

Kue Unik Hadiah Bridal Shower

Siti Badriah saat mendapat kejutan kue pada Bridal Showernya (dok.Instagram@sitibadriah/https://www.instagram.com/p/B0GtS4pH14h//Devita Nur Azizah

Siti Badriah mengaku sangat senang atas kejutan menjelang pernikahannya ini. Ia mengungkapkan rasa terima kasih dan harunya walaupun wajahnya telah dibuat seperti badut oleh para sahabatnya.

"Aaaahhhhh thank you kesayangankoeh. Terharu akutu dibuatnyaaa," tulisnya pada keterangan foto.

Selain wajahnya yang dibuat berbeda, Sibad juga mendapat kejutan dekorasi pesta kejutan dengan nuansa silver dan putih. Berbagai ornamen mulai dari lampu, balon hingga bunga dibuat dengan tampilan nuansa elegan. Terlihat pula hiasan foto Siti Badriah dengan calon suaminya tersebut yang dipajang di meja makan.

Tak hanya itu, perempuan kelahiran 11 November 1991 itu juga mendapatkan kue yang berbentuk unik. Ia mendapatkan kue dengan hiasan boneka wanita kecil yang sedang duduk lengkap dengan kebaya di sampingnya. Ada pula kue yang berbentuk seperti pakaian dalam wanita dengan motif buah stroberi. (Devita Nur Azizah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meluncur di GIIAS 2019, Ini Harga Motor Listrik EC-GO 2

Posted: 21 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup tak kurang dari 20 juta kendaraan bermotor hilir mudik di Jakarta. Hal tersebut membuat pemerintah semakin mendukung penggunaan motor listrik sebagai pengganti kendaraan bermesin bensin dan memperbanyak transportasi massal.

Melihat peluang tersebut, PT. Green City Traffic (GCT) secara resmi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan EC-GO 2 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

"Oleh karenanya kami meluncurkan kendaraan ramah lingkungan berupa sepeda motor elektrik yakni EC-GO 2 untuk semua kalangan. Ini berbeda dengan motor listrik lainnya, dari segi design, spesifikasi, dan harga," kata Chief Operating Officer PT. Green City Traffic (GCT), Rosyeni di ICE BSD, Tanggerang Selatan.

Meskipun kendaraan ramah lingkungan menjadi solusi untuk menekan pencemaran udara, Royeni mengakui saat ini stigma yang berkembang ialah harganya masih lebih mahal dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin. Terlebih lagi bila baterai yang disematkan rusak dan kekhawatiran jarak tempuh.

"Kami meluncurkan sepeda motor dengan harga sangat terjangkau, dan tidak perlu khawatir dengan pembelian baterai baru, karena sistem rental baterai kami konsumen tak perlu khawatir harus beli baterai nantinya. Dalam keadaan baterai penuh jarak tempuh mencapai 70 km," ujar Rosyeni.

Rosyeni menyebutkan pada masa promosi, motor listrik ini dibanderol Rp6,9 juta dan biaya sewa baterai sebesar Rp95 ribu untuk penggunaan sebanyak 1.000 km selama 30 hari, atau sekitar 95 rupiah per kilometernya.

 

Keunggulan EC-GO 2

Selain irit dan ramah lingkungan, GCT juga mengklaim motornya memiliki berbagai teknologi terkini, seperti GPS dan aplikasi pada smartphone yang dapat memonitor informasi kendaraan seperti kapasitas baterai, suhu kendaraan, kecepatan serta data lokasi pengisian baterai di luar koneksi BMS (Battery Management System).

"Aplikasi menjadikan EC-GO lebih aman, GPS yang terpasang berfungsi untuk memastikan dimana posisi kendaraaan berada. Dari sisi keamanan, apabila ada yang coba-coba memindahkan EC-GO2 tanpa sepengetahuan pemiliknya maka alarm akan berbunyi dan GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan," ujar Rosyeni.

Tak hanya itu, terdapat juga layanan baterai swap, yakni layanan tukar baterai kosong dengan baterai terisi penuh. Layanan ini akan tersedia di berbagai gerai nantinya.

"Dengan adanya fitur ini, konsumen yang berencana melakukan perjalanan jauh tidak perlu khawatir lagi, tinggal mencari lokasi penyedia baterai terdekat, dan menukar baterainya untuk melanjutkan perjalanan," tutup Rosyeni.

Sebagai informasi, motor listrik ini dapat dipacu hingga kecepatan 60 km/jam dan ditawarkan dengan berbagai varian warna, yakni Orange Sqash, Blue Ocean, Green Tea, White Pearl, dan Titanium (biru, hijau, oranye, dan silver).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Turis Vietnam Tewas Tergulung Ombak Saat Selfie di Pantai Klingking

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Bali - Nguyen Hoang Hieu Dan (26) wisman asal Vietnam menjadi korban keganasan ombak Pantai Klingking, Nusa Penida, Bali.

Sebelumnya, korban datang ke pantai tersebut bersama seorang wanita Nhu Ngoc Quynh Nguyen (22). Korban tergulung ombak saat selfie dengan posisi membelakangi laut. Tanpa disadari, ombak besar menghantam tubuhnya hingga jatuh, lalu terseret arus ke tengah laut.

I Komang Agus Adi Kusuma (28), seorang warga yang melihat kejadian itu langsung mencoba menolong korban. Dengan menggunakan pelampung, Adi mendekati korban. Setelah berhasil meraih korban, Adi meminta agar berpegangan di pelampung.  

Namun belum sampai di pantai, keduanya dihantam ombak. Hantaman ombak kedua membuat korban tak sadarkan diri, diduga korban tidak bisa berenang.

Melihat kejadian itu, sejumlah warga, termasuk wisatawan yang berada di sekitar lokasi berusaha melakukan upaya pertolongan. Tak berselang lama, tubuh korban bisa dibawa ke pantai. Selanjutnya dievakuasi oleh Petugas Polsek Nusa Penida, Basarnas dan warga Banjar Karang Dawa, menaiki tebing terjal dengan ketinggian sekitar 250 meter.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Komang Reka Sanjaya membenarkan kejadian tersebut. Katanya, korban sempat dibawa ke Rumah Sakit (RS) Pratama Nusa Penida.

"Setelah dilakukan pemeriksaan medis, korban sudah dinyatakan meninggal dunia. Selanjutnya jenazah dititipkan di Ruang Jenazah RS Pratama Nusa Penida," ujar Reka Sanjaya.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Wanita Pamer Remuk Mi Instan di Supermarket, Warganet Geram

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, aksi sekelompok wanita yang mengacak-acak minimarket sempat menjadi perhatian publik. Kali ini, kasus serupa terjadi. Video yang menunjukkan beberapa orang sedang meremukkan mi instan di supermarket ramai di perbincangkan di media sosial.

Video itu pertama kali diunggah seorang pengguna Instagram melalui Story Instagram, lalu diunggah ulang akun Twitter @masiidupp, Minggu (21/7/2019). Video itu pun diunggah ulang oleh beberapa akun lain dan menjadi perbincangan viral warganet.

Dalam video berdurasi 12 detik itu, terlihat beberapa wanita meremukkan beberapa mi instan kemasan yang ada di supermarket di Indonesia. Mereka juga terlihat memukul-mukul mi instan kemasan itu hingga remuk.

Hingga Senin (22/7/2019), video tersebut telah ditonton lebih dari 730 ribu kali. Video itu pun telah diunggah ulang akun lainnya seperti akun Instagram @whichis.sebenarnya dan @makassar__iinfo.

Respons Warganet

Sumber: Twitter @masiidupp

Video remaja yang meremukkan mi instan di supermarket ini pun menuai respons warganet. Banyak warganet yang geram hingga mempertanyakan kelakukan mereka.

Komentar itu misalnya dari akun instagram @99svmmer yang berkomentar di akun @whichis.sebenarnya, "coba klo dagangan ema atau bapaknya diancurin gitu.. marah pasti."

Ada pula komentar dari akun Twitter @Sarah_Pndj, "Anak-anak ini mentalnya kenapa ya? Banyak banget anak-anak kayak gini sekarang."

Warganet pun ada yang merasa kasihan pada bagian quality control (QC) dan pegawainya. Misalnya akun Twitter @ramdani_pratama, "Haduhhh kasian dibagian QC dah memastikan produk dengan defect seminimal mungkin eh ini diperbesar peluang defectnya."

Atau komentar akun twitter @cinta69lurus, "Ya...ampun kasihan tuuh nanti karyawannya yang kena semprot managernya."

Komentar lain juga datang dari warganet yang sering mengonsumsi mi instan. Komentar ini misalnya dari akun @ainindyuu, "Hei mbaknya! Jangan gituin makanan sehari-hariku."

Atau akun twitter @fatur_999, "Apakah dia tidak paham bahwa mie instant adalah penyelamat anak kosan di kala rasa lapar menyerang."

Aksi Warganet

Sumber: Twitter @AndreAnnaufall

Setelah video itu ramai diperbincangkan di media sosial, warganet pun penasaran dengan orang yang ada di dalam video tersebut. Akhirnya, akun orang dalam video itu diketahui warganet.

Tak hanya mengetahui, beberapa warganet pun mengirim pesan melalui pesan langsung di Instagram. Beberapa dari mereka mengirim pesan berupa mempertanyakan kelakuannya itu dan menasihatinya. Beberapa dari mereka pun mengirim screenshot pesannya dan mencuitkannya.

Menunggu Klarifikasi

Sumber: Twitter @masiidupp

Selain geram, komentar beberapa warganet juga mengaitkannya dengan kasus serupa. Kasus serupa ini ketika orang yang melakukan kesalahan, ramai diperbincangkan, lalu melakukan klarifikasi, dan meminta maaaf.

Komentar ini misalnya datang dari akun Twitter @elgirlbelle "Ini kenapa gue sering banget liat seonggok makhluk yang begini? ga diluar negeri ga di Indo, emang lagi ngetren ya ngerusakin barang di supermarket? Atau lagi ada challenge? tolong jelasin gue orang kampung soalnya ga gahool."

Beberapa warganet pun menyinggung soal krafikasi sebagai kelanjutan video ini. Komentar itu misalnya dari akun Twitter @nutterbutter, "Abis ini klarifikasi dan minta maap. Halah basi."

Begitu pun akun Twitter @EvanCostanza, "Ditunggu video klarifikesyennya ya ukhti."

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Tak Ingin RI Hanya jadi Konsumen di Industri Digital

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla membuka Indonesia Development Forum (IDF 2019). Dalam pembukannya, Wapres membahas pentingnya teknologi, perencanaan untuk masa depan, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam merencanakan pembangunan, Wapres JK membahas pentingnya teknologi. Ia bekata teknologi merupakan suatu berkah tetapi juga memberi tantangan baru. SDM yang berkualitas pun dibutuhkan untuk mengatasi tantangan itu.

"Teknologi merubah banyak kehidupan, mengubah banyak perilaku," ujar Jusuf Kalla di JCC, Senin (22/7/2019).

"Semuanya merubah kehidupan dan merupakan tantangan, karena itulah tantangan ini harus dipenuhi sumber daya manusia," ucapnya.

 

Jusuf Kalla turut berharap Indonesia tak hanya menjadi konsumen di dunia digital dan teknologi, melainkan turut aktif dalam perkembangannya.

Duta Besar Australia Gary Quinlan yang turut hadir juga memberi dukungan negaranya bagi Indonesia dalam teknologi dan pendidikan. Ia menyebut smartphone sudah lebih canggih ketimbang komputer yang membawa manusia ke bulan dan pendidikan adalah unsur penting bagi generasi masa depan.

"Pendidikan tentunya akan menentukan masa depan para anak-anak muda. Mereka butuh skill yang tepat dan kemampuan yang tepat. Pada dasarnya pendidikan itu vital untuk menyiapkan anak-anak Indonesia pada pekerjaan Industri 4.0," ujar Quinlan yang turut menyebut Australia mendukung IDF sejak tiga tahun yang lalu

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegero berkata teknologi merupakan bagian penting dari masa depan negara. Ia pun menekankan pentingnya tenaga kerja yang bisa beradaptasi dengan teknologi agar memiliki kesinambungan terhadap tenaga kerja yang dibutuhkan investor.

"Teknologi, digitalisasi, jadi warna masa depan kita. Tenaga kerja masa depan haruslah yang adaptif terhadap perkembangan teknologi tersebut," jelas Menteri Bambang.

Kisah Bank dan Pekerja Melakukan Transformasi Digital

ILustrasi bank (Sumber: Istockphoto)

Rasa cemas sempat melanda pikiran Fajar Adityo Ismantoro, salah satu Customer Service Officer (CSO) Bank Mandiri di kantor cabang Plaza Mandiri.

Akhir 2018, ia dan rekan-rekannya mendapat informasi dari kepala cabang tentang proyek awal Digital Banking yang akan berlokasi di tempat yang sama.

"Saya khawatir, apakah nanti saya akan dipindahkan ke unit atau divisi lain kalau nanti ada pengurangan staf di kantor cabang? Jika saya dipindahkan ke divisi legal, saya takut tak bisa menguasai bidang itu," ungkap Fajar yang mengawali profesinya sebagai teller pada 2009 di bank terbesar secara aset itu.

Sejak Bank Mandiri meluncurkan aplikasi mobile pertama di platform Blackberry pada 2011 silam, Fajar merasakan adanya perubahan sistem perekrutan karyawan di bank pelat merah itu.

"Dulu setelah saya bekerja satu tahun menjadi teller, saya langsung diangkat sebagai pegawai tetap. Akan tetapi, tahun berikutnya hingga sekarang, makin sulit bagi teller menjadi karyawan tetap," sebutnya.

Namun, kegelisahan Fajar tak berangsur lama setelah ia berkonsultasi dengan kepala cabang. Ia yakin jika posisinya cukup aman saat ini.

"Memang saat ini kami mulai mengalihkan nasabah alihkan ke digital, namun ada hal-hal yang tak bisa dipenuhi melalui digital. Banyak nasabah yang masih butuh konsultasi secara langsung dengan petugas bank, baik itu mengenai produk perbankan. Saya rasa perampingan (karyawan) itu ada tapi pegawai seperti teller dan CSO masih akan tetap dibutuhkan," ujar Fajar.

Sementara, Dandy Permana, salah satu teller  BCA di kantor cabang Thamrin tak merasa terancam karena yakin jika bank akan membekali ilmu bagi para karyawannya agar lebih sigap beradaptasi dengan digitalisasi perbankan.

Selain melayani nasabah bertransaksi, Dandy yang masih kuliah dan menjadi karyawan magang di bank swasta ini, mengaku jika ia dan rekan kerjanya juga harus bisa menawarkan produk perbankan.

"Jadi teller dan CSO juga ditargetkan cross-selling (berjualan) produk-produk seperti KPR, KKB, dan sebagainya," ujar dia.

Kecemasan Fajar dan pengalaman Dandy untukberjualan merupakan segelintir contoh yang tengah dialami para karyawan perbankan tanah air sebagai dampak disrupsi teknologi digital yang terjadi di industri perbankan.

Berdasarkan survei Digital Banking in Indonesia 2018 yang oleh PricewaterhouseCoopers (PwC), para pekerja di sektor perbankan sedang mengalami proses bisnis dan tim yang tidak fleksibel akibat minimnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang digital.

Manajemen  perbankan tak menyangkal jika perbankan mulai mengurangi biaya operasional perbankan,  terutama dalam pembukaan kantor cabang seiring dengan tuntutan bagi perbankan untuk dapat bertransformasi menjadi digital banking.

Direktur Operasional dan Bisnis Bank Mandiri Hery Gunardi mengakui, jika perampingan kantor cabang telah terjadi sejak tahun lalu.

Dibandingkan beberapa tahun lalu yang umumnya membuka 100-200 cabang, tahun lalu Bank Mandiri hanya membuka 50 kantor cabang. Adapun tahun ini, bank pelat merah itu hanya membuka 10 cabang.

Penyusutan ekspansi kantor cabang sejalan dengan transformasi perbankan digital, di mana Bank Mandiri telah mengurangi interaksi nasabah pada bank secara fisik dengan mengembangkan Mobile Apps atau Digital Channel.

Saat ini, Hery menuturkan, transaksi digital di Bank Mandiri telah mencapai 92 persen, sementara transaksi konvensional atau di kantor cabang sekitar 8 persen.

"Kami ingin menaikkan produktivitas,baik dari penghimpunan Dana PihakKetiga maupun kredit. Penghematan modal kerja dari sisi pembukaan cabang saja bisa berarti lebih dari Rp 100 miliar," ungkap Herry.

Berbeda dengan BCA yang masih ingin membuka kantor konvensional dan merekrut para teller. Presiden Direktur BCA, JahjaSetiaatmadja mengatakan, BCA masih akan tetap ekspansi membuka kantor cabang baru dan karyawan baru meski transaksi digital di BCA telah mencapai 98 persen saat ini

"Bank akan tetap membutuhkan teller danCSO, terutama transaksi besar di atas limit tertentu masih dilakukan di kantor cabang. Hal ini untuk melindungi nasabah dari kelalaian atau pihak-pihak yang mempunyai niat jahat," ungkap Jahja.

Berebut SDM di Era Digital

General Manajer Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 BNI Bambang Setyatmojo (kedua kiri) menyerahkan miniatur Kapal Latih Nelayan berukuran 5 GT kepada perwakilan nelayan di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (20 Juli 2019).

Meski bank-bank besar berlomba dalam meluncurkan produk digital perbankan, bukan berarti industri keuangan ini akan segera merampingkan tenaga kerja.

Justru,mencari sumber daya manusia (SDM) yang berketerampilan di bidang digital menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi perbankan Indonesia dalam transformasi digital layanan perbankan.

Survei Digital Banking in Indonesia 2018 yang dirilis PricewaterhouseCoopers (PwC), sebesar 52 persen responden dariperbankan Indonesia menyatakan ketidakfleksibelnya proses bisnis dan tim, serta kurangnya SDM yang memiliki keahlian digital menjadi tantangan ketiga terbesar dalam mengimplementasi strategi digital. Hal ini akan menjadi risiko bagi perbankan dalam 2-3 tahun ke depan. 

Pemerintah Dorong Pengembangan SDM Digital

Ilustrasi Foto Mesin  ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Saat ini, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia berupaya untuk terus mendorong pengembangan SDM digital.

Salah satunya dengan memberikan 25.000 beasiswa digital bagi para siswa pada 2019.Jumlah ini akan terus meningkat 100 persen menjadi 50.000 beasiswa pada 2020.

Menteri Kominfo, Rudiantara mengatakan, jumlah ini masih terbilang kecil dibandingkan kebutuhan tenaga digital di pasar yang diprediksi oleh Bank Dunia, mencapai 600.000 per tahun.

Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia, Lauren Sulistiawati mengapresiasi langkah yang dilakukan Kominfo maupun regulator dalam mengembangkan tenaga kerja yang siap beradaptasi di era digital. Namun, hal itu, kata Lauren, masih belum mewadahi kebutuhan SDM digital yang diperlukan perusahaan saat ini.

"Kita tak hanya bersaing dengan sesama perbankan, tapi juga dengan teknologi finansial (tekfin), e-commercedan startup lainnya. Semua memerlukan talenta yang hampir sama, yakni harus memahami digital dan memiliki daya inovasi tinggi," ujar Lauren.

Menurut konsultan Informasi Teknologi (IT) Independen sekaligus Founder Baba Studio, Zeembry Neo, kurangnya digital talent tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

"SDM IT masih belum mencukupi untuk menghadapi tuntutan perkembangan zaman. Kalau menunggu SDM menjadi ahli, bank bisa ketinggalan. Maka, hal yang paling cepat itu adalah menggunakan tenaga outsource atau 'membajak'," kata Zeembry.

Bank-bank besar sebenarnya secara rutin membekali para karyawan dengan pelatihan ulang(retraining). Salah satunya, bank BCA yang memiliki program e-learning untuk membekali ilmu bagi seluruh karyawan BCA.

Armand Wahyudi Hartono, Wakil Direktur BCA menuturkan program e-learning ini merupakan aplikasi yang dapat diunduh di ponsel pintar,sehingga para karyawan bisa belajardi mana pun dan kapan pun.

"Module-learning ini wajib bagi seluruh karyawan BCA. Modul ini dilengkapi tes dan permainan. Seluruh karyawan mendapat kesempatan latihan yang sama, dan tak bisa untuk dilewatkan," ungkap Armand yang juga mengajar di e-learningapps BCA.

Para bankir mengakui, menerapkan pelatihan ulang bagi karyawan bukan suatu hal yang mudah. Lantaran, taksemua karyawan mau mengubah polapikir (digital mindset) para pekerja danmenyesuaikan (agile) budaya kerjad engan kondisi perubahan digital saat ini.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bina Marga Surabaya Percepat Pengerjaan Saluran Drainase di Depan Tempat Usaha

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Surabaya akan mempercepat penyelesaian pengerjaan box culvert atau saluran drainase beton yang ada di depan tempat usaha.

Upaya ini dilakukan agar pengerjaan ini tidak terlalu lama mengganggu aktivitas bisnis warga Surabaya yang sementara ini terhambat karena banyaknya material dan alat berat di depan tempat usahanya.

Kepala Bidang Pematusan Dinas PU Bina Marga Surabaya, Samsul Hariadi menuturkan, tempat usaha yang terkena imbas pengerjaan box culvert, sementara ini akan dibuatkan jalan sementara. Namun, selanjutnya akan diprioritaskan untuk diselesaikan lebih cepat.

"Kalau (pengerjaan-red) di depan tempat usaha di kasih jalan sementara, biasanya nanti dikontrol, dilakukan percepatan, kasihan. Nanti saya sampaikan ke Pak Ganjar (Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya-red) untuk percepatan yang tempat usaha sama akses jalan," ujar Samsul Harian, seperti dikutip dari suarasurabaya.net, Senin (22/7/2019).

Pemerintah Kota Surabaya sedang mengerjakan box culvert atau saluran drainase beton di banyak titik antara lan di kawasan Dr.Soetomo, Diponegoro, Kertajaya, Indapura, Manukan, Sememi, Wiyung, Kedungdoro, Jalan Sememi, Jalan Semarang.

Pembangunan ini dilakukan untuk memperbanyak daya tampung drainase. Hal ini mengingat semakin sedikit jumlah lahan terbuka di Surabaya untuk menampung air.

"Jadi semuanya itu fungsinya untuk menambahi tampungan kalau musim hujan, karena banyak lahan yang tadinya terbuka, kemudian ada pembangunan kota yang memang tidak bisa dikontrol," ujar dia.

Samsul menuturkan, untuk pembangunan di bawah kendali bidang jalan ditargetkan akan selesai pada 2019. Sedangkan pengerjaan box culvert di bawah kedali bidang pematusan ditargetkan selesai Agustus 2020 karena tergolong proyek multiyears.

"Kalau pembangunan yang dari Manukan, itu 1.000 meter sampai Agustus tahun depan. Kalau dari Pakuwon yang 100 meter itu dibantu Pakuwon. Kalau Sememi ke timur sampai Jembatan Kandangan, itu nanti masih ada yang perlu disambungkan 1.000 meter lagi. Tapi kalau di bawah bidang jalan, harusnya selesai tahun ini," ujar dia.

Pemindahan Utilitas di Bawah Jalan Yos Sudarso Surabaya Bakal Rampung Satu Pekan

Pemindahan utilitas di bawah Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kuarniawan)

Sebelumnya, usai mengerjakan tes Pile Integrity Test (PIT) sisi Barat dan Timur Jalan Yos Sudarso untuk pengerjaan basement Alun-alun Surabaya, Pemerintah (Pemkot) Kota Surabaya memastikan akan melanjutkan tahap pemindahan jaringan utilitas di bawah jalan tersebut.

Pemindahan utilitas itu melibatkan pihak-pihak terkait yang mempunyai jaringan di bawah Jalan Yos Sudarso. Kepala Seksi Perencanaan Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP - CKTR) Surabaya, Harindrayana mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, berkaitan dengan rencana pemindahan jaringan utilitas untuk pengerjaan basemen alun-alun Surabaya.

"Karena di bawah Jalan Yos Sudarso ada beberapa jaringan utilitas, maka dari itu kita sebelumnya lakukan koordinasi bersama pihak yang memiliki jaringan di bawah jalan itu," kata Harin di sela meninjau jaringan utilitas di sisi Timur Jalan Yos Sudarso Surabaya, Kamis, 18 Juli 2019.

Ia menuturkan, selain berkoordinasi, Pemkot Surabaya juga mengundang pihak-pihak terkait untuk bersama-sama meninjau ke lokasi yang berada di sisi timur Jalan Yos Sudarso. Tinjauan bersama itu dilakukan untuk memastikan jenis apa saja jaringan yang ada di bawah jalan tersebut.

"Karena bagaimanapun juga nanti ada dampaknya, karena di sisi timur ini nanti akan dipakai jalur untuk utilitas," ujar dia.

Ia mengungkapkan, dari hasil tinjauan bersama itu, pada jalur pedestrian sisi Timur Jalan Yos Sudarso ditemukan beberapa jaringan utilitas. Yakni, jaringan PLN, Kominfo dan beberapa provider. Sementara di tengah Jalan Yos Sudarso, terdapat pipa PDAM diameter 80 cm dan pipa PGN diameter 15 cm.

"Kita masih lihat dulu, kalau panjangnya mencukupi akan langsung kita geser, tapi kalau tidak mencukupi maka kita potong dan disambung lagi untuk digeser," kata dia.

 

Selanjutnya

Pemindahan utilitas di bawah Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kuarniawan)

Kendati demikian, Harin menuturkan, Pemkot Surabaya akan kembali mengundang pihak-pihak terkait untuk memutuskan solusi bersama terkait rencana pemindahan beberapa jaringan utilitas itu.

"Nanti kita undang lagi untuk memastikan apakah nanti itu dipindahnya itu cukup digeser atau apakah nanti dipotong kemudian disambung lagi," kata dia.

Namun, pihaknya memastikan, pemindahan semua jaringan utilitas di bawah Jalan Yos Sudarso ditarget rampung dalam satu minggu ke depan. Saat ini, Pemkot Surabaya bersama pihak-pihak terkait sedang menyiapkan solusi terbaik untuk rencana pemindahan jaringan utilitas tersebut.

"Hari ini kita libatkan semua provider yang terkait, termasuk Satlantas Polrestabes Surabaya berkaitan dengan rekayasa lalu lintas nantinya, Kejaksaan, Polsek Genteng, dan Satpol PP,"pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaah Haji di Tanah Suci Capai 108.350 Orang, 11 Wafat

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Jumlah jemaah haji Indonesia di Arab Saudi terus bertambah. Hingga hari ini, jumlahnya mencapai 108.350 orang dari 268 kelompok terbang (kloter). Dengan jumlah petugas sebanyak 1.340 orang.

Jemaah terbang dari berbagai embarkasi di seluruh Indonesia. Seperti Jakarta, Makasar, Medan, Solo, Batam, Surabaya, Palembang, Padang, dan lainnya.

Data ini mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Senin (22/7/2019), pukul 07.27 Waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah haji yang tiba di Arab Saudi melalui Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah dan King Abdul Aziz, Jeddah.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 52.065 jemaah calon haji Indonesia disertai petugas haji telah berada di Kota Makkah.

"Ini sesuai data Siskohat tanggal 21 Juli 2019, pukul 19.00 WAS," jelas Kasie Data dan Informasi Daker Makkah Nurhanudin, Minggu (21/07).</p

Selain itu, Nurhan juga menyampaikan data tersebut bedasarkan gabungan gelombang pertama dan kedua pemberangkatan haji asal Indonesia.

"Total jemaah gelombang dua yang tiba berjumlah 40. 695 orang. Sementara untuk gelombang kedua sebanyak 11.370 orang," jelas Nurhan.

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin Sanjaya / Marcus Gideon Buka-bukaan Usai Juara Indonesia Open 2019

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kevin Sanjaya / Marcus Gideon mempertahankan gelar Indonesia Open. Mereka menjadi juara setelah mengalahkan rekan senegaranya, Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (21/7/2019).

Di partai final Indonesia Open 2019, Kevin / Marcus menang dalam dua set langsung, 21-19 dan 21-16. Mereka hanya membutuhkan waktu 28 menit untuk mengalahkan Hendra / Ahsan.

Kendati bisa menang cepat, Kevin menyebut pertarungan melawan unggulan keempat di Indonesia Open 2019 itu tidak mudah. Kevin mengakui dirinya sempat grogi melawan pemain senior.

"Di game pertama kita sedikit grogi dan sempat mendapat tekanan. Namun, di game kedua kita bisa tampil lebih baik," ucap pria berusia 22 tahun tersebut.

"Kita sama-sama latihan bersama di Cipayung, jadi sudah tahu kekurangan dan kelebihannya juga. Koh Hendra memang pemain depan yang sangat baik. Saya hanya selalu berusaha mengeluarkan seluruh kemampuan saya (di final Indonesia Open 2019)," kata Kevin menambahkan.

 

Fokus ke Japan Open 2019

Ganda putra Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon berselebrasi usai mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada pertandingan final Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Minggu (21/7/2019). Kevin/Marcus menang 21-19, 21-16. (AFP Photo/Adek Berry)

Usai menjuarai Indonesia Open 2019, ganda putra yang dikenal dengan The Minions itu tak bisa santai terlalu lama. Mereka langsung mengalihkan fokusnya untuk Japan Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 750, yang akan berlangsung pekan depan.

"Kalau mengenai fokus, di setiap pertandingan memang kita harus selalu fokus. Namun, kita akan terus melakukan evaluasi, karena kita pasti masih ada banyak kekurangannya," ucap Kevin.

"Yang pasti kita akan tetap dan terus meningkatkan latihan. Akan banyak evaluasi yang kita lakukan setelah ini. Semua pemain pasti ingin mengalahkan kita, karena kita nomor satu dunia," ujarnya melanjutkan.

 

Bidik Olimpiade 2020

Japan Open 2019 akan dimanfaatkan Kevin untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Dia dan Marcus akan berusaha memberikan yang terbaik dalam perhitungan poin jelang Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

"Saya rasa semua pemain punya peluang yang sama untuk ke Olimpiade. Jadi kita lihat saja nanti waktu mendekati olimpiade 2020 seperti apa. Ya, harapan Indonesia bisa menyumbang medali emas di olimpiade 2020 nanti," katanya mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempurnakan Selfie dengan Trik Profesional ala Rio Motret

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selfie kini jadi kegemaran banyak pengguna smartphone di tanah air. Saat berada di tempat wisata, berkumpul bersama teman, atau kadang saat sedang berada di kafe favorit, melakukan selfie jadi aktivitas yang sering dilakukan.

Hasil selfie terbaik biasanya akan diunggah ke akun media sosial.

Fotografer profesional Indonesia Rio Motret pun memberikan sejumlah tip dan trik agar hasil selfie menjadi lebih.

Rio Motret mengatakan, selfie sangat mudah dilakukan karena perangkatnya dipegang oleh diri sendiri. Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja tip selfie dari Rio Motret?

1. Orientasi Foto

Rio Motret mengatakan, sebelum mengambil foto selfie, pengguna smartphone perlu menentukan dulu orientasi foto yang ingin diambil, entah itu lanskap ataupun potret.

"Balik lagi apa yang ingin ditangkap saat selfie, apakah diri sendiri atau dengan background di belakangnya. Sebenarnya tidak ada aturan potret atau lanskap sih untuk selfie," tutur Rio Motret saat ditemui di Malang, Jawa Timur, Jumat (19/7/2019).

2. Ketahui Sudut Terbaik dari Wajah

Hal lain yang perlu diperhatikan saat berfoto selfie adalah mengetahui sudut terbaik dari wajah.

"Karena kita yang memegang sendiri perangkat, kita sendiri yang mengetahui angle wajah yang terbaik seperti apa," kata fotografer yang kerap memotret selebritas ini.

3. Latar Belakang Selfie

Ilustrasi Orang lagi selfie (iStockPhoto)

Rio mengingatkan pentingnya latar belakang saat mengambil selfie. Menurutnya, pengguna tidak boleh hanya fokus dengan wajah, tetapi juga penting untuk memerhatikan latar belakang yang ingin ditangkap. Dengan begitu, hasil foto bisa lebih baik.

"Saat selfie jangan hanya sekadar fokus pada muka, (latar) belakang juga perlu diperhatikan. Kadang kita kalau sedang selfie, di belakang ada orang lewat, latarnya jadi kurang bagus," kata Rio Motret.

Ia pun menyarankan komposisi bagian belakang foto diperhatikan. "Misalnya ketika sedang selfie di Jepang dengan latar Gunung Fuji, kadang kita tidak memperhatikan gunungnya terpotong karena kita hanya fokus ke diri sendiri," katanya.

"Jadi memang selain wajah, background juga harus kelihatan," ujar Rio Motret.

4. Perhatikan Arah Cahaya

Ilustrasi Orang lagi selfie (iStockPhoto)

Rio Motret menjelaskan, hal lain yang perlu diperhatikan saat mengambil foto selfie adalah arah cahaya.

"Perhatikan juga arah cahaya, misalnya cahaya matahari datang dari arah mana. Jangan membelakangi cahaya, kalau membelakangi nanti efeknya akan backlight," ujar Rio Motret.

Dia menambahkan, jika mengambil selfie berhadapan dengan arah datangnya matahari, bagian belakang awan atau langit menjadi lebih biru. Dengan begitu, cahaya pun membuat hasil foto selfie lebih bagus.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jamal Preman Pensiun Baru Sebulan Pakai Sabu

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul kasus narkoba Nunung, Zulfikar alias Jamal Preman Pensiun juga diciduk polisi gara-gara penyalahgunaan narkotika. Ia ditangkap di Apartemen Gateway, Bandung, Sabtu (20/7/2019).

Setelah dilakukan tes urine, Jamal Preman Pensiun dinyatakan positif menggunakan sabu. Hal itu disampaikan oleh kuasa hukumnya, Hengky Solihin.

"Sudah positif," ungkap sang kuasa hukum saat dihubungi Showbiz Liputan6.com melalui WhatsApp, Minggu (21/7/2019).

Rupanya, belum lama Jamal Preman Pensiun mencicipi barang haram tersebut. "Sudah satu bulan," papar Hengky Solihin.

Mengingat Jamal adalah seorang pecandu, kuasa hukum akan berupaya mengajukan rehabilitasi. Dengan rehabilitasi, diharapkan Jamal bisa sepenuhnya lepas dari jerat narkoba.

Ajukan Rehabilitasi

Zulfikar alias Jamal Preman Pensiun (istimewa)

"Alasan saya mengajukan rehabilitasi untuk mengantisipasi dampak akibat penyalahgunaan narkotika untuk pemulihan," papar sang pengacara.

"Soalnya, akibat kecanduan itu akan menyerang fungsi otak yang bersifat kronis, hingga memiliki risiko ketagihan bahkan kematian. Dan negara menjamin akan memberikan rehabilitasi," Hengky Solihin mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Besar di Portugal, 1800 Pemadam Dikerahkan

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kebakaran besar terjadi di Portugal. Untuk memadamkan api, belasan pesawat dan ribuan petugas pemadam dikerahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Tim Gerak Cepat Bekerja di Mekah

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji Indonesia gelombang kedua hari ini (20/7) mulai tiba di Arab Saudi melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk kemudian lanjut ke Kota Makkah. Kedatangan mereka menandai konsentrasi jemaah haji sudah berpusat di Makkah. Kota ini pun kini sudah semakin padat dengan jemaah dari berbagai negara.

 

Meskipun jemaah haji Indonesia sudah disediakan fasilitas transportasi bus sholawat yang memadai, akan tetapi masih ada beberapa jemaah haji yang memaksakan diri untuk berjalan kaki ketika menuju dan kembali dari Masjidil Haram Makkah. Lamanya waktu tunggu bus dan padatnya jemaah menjadi alasannya. Terutama sekali pada hari Jumat. Situasi ini berisiko tinggi menjadi masalah kesehatan bagi jemaah haji.

 

"Pengalaman sejak 2017 banyak jemaah memaksakan diri jalan kaki di terowongan. Ada yang terjatuh, kelelahan dan dehidrasi," kata dr. Erwinsyah, koordinator Tim Gerak Cepat (TGC) 2019.

 

Melihat pengalaman tersebut, menurut dokter yang biasa disapa Erik ini, TGC memutuskan untuk menempatkan personilnya untuk berjaga di ujung terowongan yang mengarah ke masjidil haram. Ada dua terowongan yang menjadi lokasi utama, yakni Terowongan Faisoliyah dan Terowongan Mahbas Jin.

 

"Ini kegiatan inovasi kami berjaga di terowongan yang menuju harom," tambah Erik.

 

Waktu berjaga di mulut terowongan ini setiap hari Jumat, mulai sebelum dan sesudah waktu pelaksanaan salat Jumat. Dalam sekali jaga, dikerahkan 2 orang TGC. Mereka juga bekerja sama dengan TKHI. Sesuai tugasnya, bila terjadi kasus pada jemaah, maka TGC akan segera memberikan pertolongan medis segera. Sebab itu saat bertugas tiap personil selalu dilengkapi dengan emergency kit untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan pada jemaah.

 

"Kemarin hari Jumat kan sudah standby. Kami memantau saat jemaah berangkat. Kalau jemaah sudah habis [pergi-pulang] kami kembali," ujar Kiki Pujiarto, anggota TGC yang berprofesi sebagai perawat.

 

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (AM)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kemarau Panjang, Muslim India Salat Minta Turun Hujan

Posted: 21 Jul 2019 10:00 PM PDT

Umat Muslim India bersujud berdoa memohon turun hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019). Dampak angin muson mengakibatkan hasil panen pertanian musiman warga berkurang karena pengaruh kemarau yang panjang. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India bersujud berdoa memohon turun hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019). Dampak angin muson mengakibatkan hasil panen pertanian musiman warga berkurang karena pengaruh kemarau yang panjang. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India berdoa memohon turun hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019). Angin muson yang melanda sejumlah negara bagian India selatan, yang di antaranya, Telangana, Andhra Pradesh dan Tamil Nadu menyebabkan kekeringan parah. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India berdoa memohon turun hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019). Angin muson yang melanda sejumlah negara bagian India selatan, yang di antaranya, Telangana, Andhra Pradesh dan Tamil Nadu menyebabkan kekeringan parah. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India melaksanakan salat khusus untuk memohon hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019).Dampak angin muson mengakibatkan hasil panen pertanian musiman warga berkurang karena pengaruh kemarau yang panjang. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India melaksanakan salat khusus untuk memohon hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019).Dampak angin muson mengakibatkan hasil panen pertanian musiman warga berkurang karena pengaruh kemarau yang panjang. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India berdoa memohon turun hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019). Angin muson yang melanda sejumlah negara bagian India selatan, yang di antaranya, Telangana, Andhra Pradesh dan Tamil Nadu menyebabkan kekeringan parah. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India berdoa memohon turun hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019). Angin muson yang melanda sejumlah negara bagian India selatan, yang di antaranya, Telangana, Andhra Pradesh dan Tamil Nadu menyebabkan kekeringan parah. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India berdoa memohon turun hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019). Dampak angin muson mengakibatkan hasil panen pertanian musiman warga berkurang karena pengaruh kemarau yang panjang. (AFP Photo/Noah Seelam)

Umat Muslim India berdoa memohon turun hujan di depan Danau Himayat Sagar di Hyderabad, India, Minggu (21/7/2019). Dampak angin muson mengakibatkan hasil panen pertanian musiman warga berkurang karena pengaruh kemarau yang panjang. (AFP Photo/Noah Seelam)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Abdulla Alwi, Calon Suami Tania Nadira yang Berwajah Arab

Posted: 21 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tania Nadira menikah dengan pesinetron Tommy Kurniawan pada tahun 2011 silam. Sayangnya, setelah 6 tahun bersama keharmonisan rumah tangga ini harus retak. Keduanya resmi bercerai pada tahun 2017 lalu. Meski sudah bercerai, Tania dan Tommy Kurniawan tetap menjalin hubungan yang baik. 

Beberapa bulan lalu, Tommy sendiri sudah menikah dengan Lisya Nurrahmi dan baru saja dikarunia buah hati. Sedangkan Tania, mantan istrinya sebentar lagi juga akan melepas status jandanya.

Perempuan berusia 27 tahun ini diketahui akan melangsungkan pernikahan dengan sang kekasih, Abdulla Alwi pada 26 Juli 2019 mendatang.  Setelah menjanda 2 tahun lamanya, ternyata sosok pebisnis berwajah rupawan inilah yang mampu mencuri hati Tania.

Dilansir dari akun instagram Alwi ataupun Tania Nadira, pasangan yang terpaut usia 7 tahun ini kerap menghabiskan waktu bersama. Alwi pun terlihat sudah dekat dengan buah hati ataupun mantan suami Tania. 

Nah, siapa sih sosok pria yang mampu mencuri hati mantan istri Tommy Kurniawan ini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 potret Abdulla Alwi, Senin (22/7/2019) 

1. Ini dia Abdulla Alwi, pria yang mampu mencuri hati Tania Nadira.

Abdulla Alwi (Sumber: Kapanlagi)

2. Pria berbadan atletis ini ialah seorang pebisnis. Ini potret bersama ibunya, ganteng abis kan?

Abdulla Alwi (Sumber: Kapanlagi)

3. Pria tampan ini memiliki perbedaan usia 7 tahun dengan mantan istri Tommy Kurniawan ini. Ia menginjak usia 34 tahun.

Abdulla Alwi (Sumber: Instagram/tanianadiraa/)

4. Potret Abdulla Alwi saat memakai baju adat jawa ini gagah abis ya!

Abdulla Alwi (Sumber: Kapanlagi)

5. Ia juga sudah dekat dengan buah hati Tania ataupun Tommy loh! Ini dia potret kebersamannya, seru abis kan!

Abdulla Alwi (Sumber: Instagram/tanianadiraa/)

6. Keduanya akan menikah melangsungkan pernikahan pada 26 Juli mendatang. Semoga lancar ya!

Abdulla Alwi (Sumber: Instagram/tanianadiraa/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Sengaja Tertangkap Kamera Bareng, Pasangan Ini Akhirnya Berjodoh

Posted: 21 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu percaya dengan pepatah yang menyebut jodoh bisa datang dari mana saja dan kapan saja? Bahkan sekarang ini jodoh bisa ditemukan lewat bantuan teknologi. Orang dapat jodoh dari dunia maya yang sebelumnya tidak saling kenal melalu sosial media maupun aplikasi dating. 

Banyak yang sudah membuktikan kalau jodoh itu bisa datang kapan saja dan di mana saja. Mungkin di kampus, tempat kerja, atau bahkan di media sosial. Bahkan terkadang kedatangannya justru tidak pernah bisa ditebak, namanya juga rahasia Tuhan.

Ada yang berjodoh karena sudah berteman sejak lama, dipertemukan dalam project yang sama, atau karena dikenalkan oleh seorang teman yang kemudian berlanjut hingga pelaminan. Ada juga yang tidak sengaja bertemu dalam berbagai momen yang tidak disangka-sangka.

Sama dengan kisah yang baru viral ini. Pasangan tersebut awalnya tak sengaja tertangkap kamera dalam satu frame dan tak disangka akhirnya berjodoh. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kisah pasangan kisah pasangan tersebut, Senin (22/7/2019).

Tak Sengaja Tertangkap Kamera Bareng

Kisah dari Malaysia baru-baru ini menjadi viral, di mana menceritakan kisah seorang lelaki yang bertemu jodoh dengan pasangannya berawal dari tak sengaja foto bareng.

Kisah ini berawal dari unggahan pengguna Twitter @afiqmusa__ yang berprofesi sebagai Wedding Photographer pada Oktober 2018 lalu memotret seorang pria berkacamata membawa tas warna merah dan di belakang berdiri seorang perempuan berhijab. "Cantik betul beg maroon tu!" tulis akun Twitter @afiqmusa__.

Namun, siapa sangka beberapa bulan selanjutnya sosok laki-laki berkaca mata yang tertangkap kamera bareng itu akhirnya malah berjodoh dengan perempuan yang tak sengaja tertangkap kamera di belakangnya.

Pasangan Ini Akhirnya Berjodoh dan Viral di Media Sosial

Kisah pasangan yang berjodoh karena tak sengaja tertangkap kamera bareng inipun viral di media sosial. Diketahui laki-laki yang berkacamata tersebut bernama Azlan Haziq dan perempuan berhijab cantik itu bernama Alia Syazwani memutuskan menikah. Dalam unggahan di akun Twitternya  @aliasyazwani_ ia memosting momen pertemuan dan pernikahan ia bersama pasangannya.

Tak ayal, kisah pasangan yang berjodoh saat tak sengaja tertangkap kamera bareng ini mendapat banyak komentar dari netizen. Unggahan tersebut sudah diretweet sebanyak 15 ribu kali dan disukai 27 kali.

"MasyaAllah this! Tahniah sis" oleh @kelopakbungaa

"auwwwww so cuteeeeee" oleh @lavyoudear

"Sweetnyaa. Congratulations both of you 💐" oleh @itsrianarose

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai Informasi Hoaks soal CPNS 2019

Posted: 21 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah pada tahun ini akan kembali mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap II. Khusus untuk CPNS 2019, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin beberapa waktu lalu sempat mengumumkan, proses perekrutannya akan dilaksanakan pada Oktober tahun ini.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku eksekutor program CPNS 2019 menyatakan, pernyataan Menteri PANRB tersebut akan dijadikan acuan untuk menggelar proses penarikan Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaru pada Oktober nanti.

"Yang disampaikan Pak Menteri (Syafruddin) itu akan dijadikan acuan. Oh harus Oktober (untuk CPNS 2019), kita akan jadikan itu sebagai acuan," ungkap Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan kepada Liputan6.com, seperti dikutip Senin (22/7/2019).

Ridwan juga menghimbau masyarakat untuk lebih cermat saat menerima informasi terkait seleksi CPNS. Sebab, saat ini banyak informasi tentang penerimaan, hasil seleksi serta pengangkatan CPNS yang bersifat tidak benar alias hoaks berseliweran di media sosial.

Dia mengatakan, modus penipuan terkait dengan CPNS kini juga semakin beragam dan baru, salah satunya dengan memuat frasa Calon ASN (CASN). Dia memastikan, hal itu merupakan bentuk penipuan bila kata-kata tersebut muncul dalam pengumuman terkait CPNS.

"Modusnya pakai regulasi yang terkini. Kalau 4 tahun lalu kan tidak ada istilah ASN. Sekarang ada yang sebut CASN, itu tidak ada. Kalau dia menyebut itu, dipastikan itu palsu," tegas dia.

Lebih lanjut, ia juga menyarankan masyarakat yang hendak mencari informasi terkait CPNS dan PPPK untuk memantaunya via saluran resmi milik pemerintah, seperti pada situs dengan domain go.id.

Ridwan pun menyampaikan, hingga saat ini Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) belum mengumumkan pembukaan pendaftaran dan seleksi CPNS. Oleh sebab itu, informasi yang menyebutkan jika penerimaan CPNS 2019 sudah dibuka adalah hoaks.

"Panselnas belum mendapatkan arahan detail kapan penerimaan ASN, baik itu PPPK dan CPNS," tukas dia.

Kabar Gembira, Ini Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2019

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS diselenggarakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengumumkan bahwa seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2019 akan dilaksanakan masing-masing pada Agustus dan Oktober.

"CPNS nanti bulan sepuluh (Oktober). PPPK tahapan kedua ini akan dilakukan kira-kira setelah 17 Agustus paling lama," ujar Menteri Syafruddin di Kantor Staf Presiden, Jakarta, pada Selasa (2/7/2019).

Syafruddin menyebut, pemerintah kekurangan formasi guru serta tenaga kesehatan, terutama perawat, bidan, dokter untuk mengisi Puskesmas. 

Ia melanjutkan, dalam rekrutmen kali ini, jabatan tenaga administratif akan dikurangi. "Terutama kebutuhan di bidang infrasturktur, juga kepentingan-kepentingan yang lebih menjurus kepada skill, jadi tenaga administratif akan kita kurangi," ujarnya.

Untuk saat ini Syafruddin menyebut CPNS masih belum menerima jumlah kebutuhan dari daerah.

Ketika ditanya mengenai sistem perekrutan seperti ranking, sang menteri berkata ingin tes yang dinamis dan fokus ke generasi muda.

"Pokoknya akan dibuat sistem sedinamis mungkin, sebagus mungkin untuk kepentingan bagaimana kualitas SDM itu bisa kita rekrut, kemudian tidak menafikan kebutuhan individu, generasi muda, yang ingin mengabdi pada negara," tegasnya.  

Ini Alasan Milenial Masih Mendambakan Jadi PNS

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham menanti waktu pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemerintah bakal membuka kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun ini. Bahkan selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pada tahun lalu, banyak milenial yang mendaftar CPNS. Ini juga sebagai bukti bahwa PNS masih menjadi profesi idaman bagi generasi milenial ditengah kemajuan teknologi dan pekerjaan di sektor swasta semakin luas.

Wakil Rektor Universitas Pertamina Budi Soetjipto berpandangan, ada berbagai alasan mengapa milenial masih banyak yang ingin menjadi PNS.

"Mereka masih melihat PNS ini sebuah pekerjaan yang memberikan kepastian, terutama dalam hal pendapatan," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com. 

Dengan masuknya generasi milenial menjadi PNS ini sekaligus menjadi tantangan bagi pemerintah untuk memberikan harapan bagi mereka.

Dia berpendapat, generasi milenial ini adalah sumber daya manusia (SDM) yang inovatif dan dinamis. Sementara di sisi lain, PNS adalah pekerjaan yang bersifat birokrat yang memiliki berbagai keterbatasan.

"Nah, pemerintah bisa tidak mewadahi mereka ini yang bisa dibilang punya ambisi tinggi. Kalau tidak, bisa jadi nanti mereka ini keluar lagi dari PNS untuk kerja lagi di swasta, bahkan bikin usaha sendiri terkait profesinya," ujarnya.

Namun begitu, dengan masuknya generasi milenial sebagai PNS ini, diharapkan bisa meningkatkan profesionalitas dan kualitas kinerja PNS ke depannya.

"Positifnya, ya semoga ini menjadi satu langkah agar kinerja Aparatur Sipil Negara ini bisa lebih baik," pungkasnya. 

BKN: Belum Ada Tanggal Pasti Penerimaan CPNS dan PPPK

Kenapa harus daftar CPNS 2018? Ya, kenapa nggak? (Ilustrasi: Liputan6.com)

Masyarakat diminta bersabar menunggu pengumuman resmi pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019. Pasalnya hingga saat ini belum ada kepastian tanggal mengenai penerimaan para Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menyatakan banyak sekali faktor yang berada di luar kendali Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang juga menjadi penentu waktu penerimaan CPNS dan PPPK akan dibuka.  

"Itu tanggalnya belum. Karena banyak sekali faktor yang harus dilihat dan itu berada di luar Panselnas," ujar dia di Jakarta, Minggu (23/6/2016).‎

Salah satu faktornya, lanjut Ridwan, yaitu soal pengajuan kebutuhan pegawai dari masing-masing kementerian dan lembaga (K/L) serta pemerintah daerah (Pemda).

"Misalnya, 623 K/L dan pemerintah daerah itu harus memasukan kebutuhan pegawainya pada minggu ke-2 bulan ini, saya belum tahu sampai minggu ke-3 sekarang apakah sudah 623 atau baru 326. Jadi banyak sekali faktor di luar Panselnas yang sangat teknis. Panselnas bukan satu-satunya pemilik proses dari seleksi CPNS ini," jelas dia.

Namun demikian, lanjut Ridwan, jika nantinya Panselnas sudah siap untuk menggelar penerimaan CPNS dan PPPK serta sudah ditentukan tanggal pembukaan penerimaannya, maka akan diumumkan secara luas kepada masyarakat.

"Itu yang menyebabkan belum ada tanggal atau rundown yang sangat detail. Tetapi begitu ada dari Panselnas keluar, pasti dari Menteri PANRB, Kepala BKN itu akan menyampaikan secara terbuka. Mungkin melalui konferensi pers," tandas dia.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main di ICC 2019 Singapura, Juventus Ditonton Langsung Juventus

Posted: 21 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Klub raksasa Italia Juventus untuk pertama kali sejak 2014 kembali mengunjungi Singapura. I Bianconeri kini datang dalam rangka mengikuti turnamen pramusim International Champions Cup 2019.

Klub milik keluarga Agnelli itu bertanding melawan wakil Inggris Tottenham Hotspur di National Stadium pada Minggu (21/7/2019). Juventus kemudian akan terbang ke China dan Korea Selatan.

Nah, ada yang unik saat Juventus bertanding melawan Tottenham di National Stadium. I Bianconeri ditonton langsung oleh Juventus. Ya, salah satu fan I Bianconeri asal Singapura ada yang memiliki nama Juventus Jeganathan.

"Senang sekali bisa menonton langsung Juventus bertanding. Ini merupakan pengalaman pertama dan mimpi yang jadi kenyataan. Apalagi Juventus juga membawa Cristiano Ronaldo. Kebetulan saya juga suka Ronaldo," ujar Juventus Jeganathan kepada Liputan6.com.

Punya nama berbau Juventus, dia menjadi sorotan. Saat acara meet and greet, MC sampai terkejut ada fan yang memiliki nama Juventus. Para fans Juventus langsung heboh begitu tahu ada yang memiliki nama identik dengan klub asal Turin itu.

Sayangnya karena jadwal Juventus sangat padat, MC tak sempat memperkenalkan Juventus Jeganathan kepada dua pemain I Bianconeri, Miralem Pjanic dan Mattia de Sciglio. Kedua pemain hanya lima menit di acara meet and greet.

Penggemar Berat

Juventus Jeganathan (kanan) menonton Juventus tanding di ICC 2019 Singapura. (Liputan6.com/Thomas)

Juventus pun bercerita ihwal namanya disamakan dengan klub asal Turin itu. "Ayah saya memberikan nama Juventus karena memang dia sangat suka dengan Juventus. Seiring berjalannya waktu saya juga menyukai dan mendukung Juventus," ujar pria 27 tahun itu.

Juventus sendiri harus menelan pil pahit saat berlaga di ICC Singapore. I Bianconeri kalah 2-3 dari Tottenham. Gol penentu kemenangan dicetak Harry Kane dengan cara spektakuler lewat tendangan dari tengah lapangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilu Berlangsung di Korea Utara, Partisipasi Pemilih Tembus 99,98 Persen

Posted: 21 Jul 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Pyongyang - Pemilihan umum di Korea Utara baru saja berlangsung, dengan pemimpin Korut Kim Jong-un memberikan suara pada Minggu 21 Juli 2019 waktu lokal. Pemilu ini diklaim memiliki angka partisipasi yang fantastis mencapai 99,98 persen, menurut kantor berita KCNA yang berbasis di Pyongyang.

Tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan kali ini meningkat 0,01 persen dari pemilu 2015 lalu. Sebagian pengamat mengatakan, gelaran ini pada dasarnya bersifat 'ritual politik' Korea Utara seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (22/7/2019). Hal itu disebabkan hampir tidak adanya persaingan di antara para kandidat.

Pemilu di negara bersenjata nuklir adalah momentum yang terjadi setiap empat tahun sekali; memilih perwakilan di majelis setingkat provinsi, kota, dan kabupaten. Biasanya, terdapat 99 persen penduduk terdaftar yang berpartisipasi. Hampir semua dari yang berpartisipasi memilih untuk memberikan suara "ya" untuk seorang kandidat tertentu.

Uniknya, warga yang sakit sekalipun dapat memberikan suara. Agen KCNA yang dikelola Korea Utara mengatakan, pemilih yang memiliki keluhan dengan sakit tua atau tengah sakit dapat memasukkan suara mereka ke dalam kotak suara bergerak.

Hanya mereka yang berada di luar negeri yang tidak berpartisipasi dalam pemilu.

Siapa yang Dipilih Kim Jong-un?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un melihat sebuah kentang saat mengunjungi pabrik produksi Samjiyon Potato Farina di Samjiyon County (30/10). (Photo by KCNA VIA KNS / KCNA VIA KNS / AFP)

Kim Jong-un mengunjungi tempat pemungutan suara di Provinsi Hamgyong Utara pada Minggu, memilih dua kandidat - bernama Ju Song Ho dan Jong Song Sik - mencalonkan diri untuk anggota majelis di daerah itu, KCNA melaporkan.

Ia mendorong keduanya untuk menjadi pelayan rakyat yang setia, dengan menjalankan tugas mereka untuk memenuhi harapan rakyat, kata KCNA.

Kim sendiri pernah pernah mencalonkan diri pada 2014 lalu. Saat itu, ia mendapatkan dukungan dari 100 persen rakyat.

Pemerintah Korea Utara memuji partisipasi yang tinggi dalam pemilu. Rezim menyebutnya mampu menjadi contoh dari "persatuan pikiran tunggal" untuk memuliakan "sosialisme yang berpusat pada gaya rakyat Korea".

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ISPA Jadi Penyakit Utama Jemaah Haji Indonesia

Posted: 21 Jul 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keluhan utama jemaah haji saat berobat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Mekkah yaitu tentang penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Dilansir dari Antara, hal tersebut dikatakan oleh Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) 2019 Muhammad Imran di KKHI Mekkah.

"Penyakitnya di kloter didominasi ISPA. Kemudian hipertensi, paru menahun yang banyak dirawat di KKHI Mekkah, sedangkan yang dirujuk di RSAS di dominasi phneumonia dan jantung," kata Imran.

Sampai saat ini KKHI telah menangani 76 calon haji, beberapa di antaranya telah diperbolehkan kembali ke pemondokannya, beberapa dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), dan KKHI masih sedang merawat 15 pasien.

Pasien yang terkena penyakit ISPA, tim KKHI melakukan rehidrasi komposisi cairan tubuh.

"Untuk ISPA dilakukan rehidrasi komposisi cairan tubuh. Kemudian layanan gangguan paru diterapi oksigen," katanya.

Jemaah haji lanjut usia (lansia) maupun yang sedang sakit dianjurkan mengambil keringanan dalam pelaksanaan ibadah hajinya. Ini agar ibadah haji mereka tetap sah.

"Misalnya pakai skuter atau kursi roda. Bagi yang Umrah pilih waktu teduh. Mulai maghrib sampai setelah subuh," jelas Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dr. Imran di Makkah, Minggu (21/7/2019).

Imbauan KKHI

Penanganan Jemaah Haji Sakit di KKHI Makkah. Bahauddin/MCH

Jemaah haji lanjut usia (lansia) maupun yang sedang sakit dianjurkan mengambil keringanan dalam pelaksanaan ibadah hajinya. Ini agar ibadah haji mereka tetap sah.

"Misalnya pakai skuter atau kursi roda. Bagi yang Umrah pilih waktu teduh. Mulai maghrib sampai setelah subuh," jelas Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dr. Imran di Makkah, Minggu (21/7/2019).

Suhu yang berbeda antara Indonesia dan Arab Saudi kerap menimbulkan masalah kesehatan bagi jemaah haji Indonesia.

Tips Menjaga Kesehatan Di Tanah Suci

Ilustrasi sayuran potong | Via: istimewa

Dikarenakan perbedaan lingkungan antara Tanah Air dan Tanah Suci. Calon haji diimbau untuk menjaga kesehatan agar sehat dan bugar.

Dilansir melalui buku Disiplin Berhaji Menuju Haji Mabrur karya H A Tabrani Rusyan bahwa ada 7 cara menjaga kesehatan selama di Tanah Suci sebagai berikut.

1. Imunisasi

2. Kurangi kegiatan yang tidak perlu.

3. Istirahat dan tidur yang cukup.

4. Makan makanan bergizi dan teratur.

5. Memakai masker.

6. Memakai pakaian hangat dan penghangat leher.

7. Menyiapkan obat-obatan yang biasa dipakai di Tanah Air dan tidak meminum minuman dingin.

 

Reporter : Nabila Bilqis

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Resmi Cerai, Ini Kata Pengadilan

Posted: 21 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo yang terjalin selama 1 tahun 8 bulan kini telah berakhir. Pasangan yang dijuluki Song Song Couple ini resmi bercerai pada Senin (22/7/2019).

Pengadilan Keluarga Seoul, Korea Selatan, memutuskan perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo ini pada pagi hari, tepatnya pukul 10.00 waktu setempat.

Disampaikan Allkpop.com, Senin, putusan cerai Song Joong Ki dan Song Hye Kyo ditetapkan melalui sebuah pertemuan tertutup.

Sebuah pernyataan resmi dari Pengadilan Keluarga Seoul pun disampaikan. "Kami tak bisa mengungkapkan rincian dari penyelesaian ini," ujar pihak pengadilan singkat.

Sempat Membuat Heboh

Song Jong Ki dan Song Hye Kyo. (AFP/JUNG YEON-JE)

Sebelumnya, Song Joong Ki menggugat cerai Song Hye Kyo pada 26 Juni 2019 lalu. Padahal, pernikahan pasangan artis Korea Selatan ini sempat membuat banyak pihak heboh.

Dunia maya pun sempat dihujani keheranan dari para penggemar. Mereka tak menyangka keduanya harus mengakhiri rumah tangga secara singkat tanpa menyampaikan alasan secara terbuka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anjingnya Hilang, Pria Ini Tawarkan Hadiah Tak Terduga Bagi Penemunya

Posted: 21 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat memiliki hewan peliharaan lazimnya orang-orang akan mencurahkan kasih sayangnya terhadap binatang tersebut. Bahkan tak sedikit yang memperlakukannya layaknya anak sendiri. Jika hewan peliharaan tersebut hilang atau pergi entah kemana tentu akan muncul perasaan sedih.

Malangnya, momen kurang mengenakkan tersebut juga dialami oleh seorang pria bernama Eddie Collins yang tinggal di Tucson, Arizona. Ia kehilangan peliharaan kesayangannya, seekor anjing cihuahua yang ia beri nama Jenny sejak bulan April lalu.

Pria payuh baya itu pun sangat sedih. Ia bahkan bersumpah untuk tidak akan berhenti mencarinya sampai ketemu dan anjing kesayangannya itu kembali ke pelukannya.

Tak hanya mencarinya dengan cara biasa, Eddie membuat sebuah pengumuman unik. Pengumuman tersebut lebih kurang berisi siapapun yang menemukan anjingnya akan mendapatkan imbalan yang cukup besar.

Berikut kisah seorang pria kehilangan anjing yang tawarkan hadiah tak terduga bagi penemunya yang Liputan6.com lansir dari odditycentral, Senin (22/7/2019).

Tawarkan rumah bagi penemu anjing cihuahua

Anjing cihuahua Eddie Collins yang hilang (Sumber: thedodo)

Eddie Collins, pria asal Tucson, Arizona kehilangan seekor anjing kesayangannya bernama Jenny sejak April 2019 lalu ketika dirinya berada di sebuah pom bensin.

Sejak saat itu dirinya menghabiskan setiap hari-harinya untuk mencoba menemukannya. Setelah mencari di setiap tempat yang terpikirkan olehnya, lalu ia menempelkan poster di seluruh Tucson dan mengunjungi tempat penampungan anjing setiap hari.

"Saya sudah mencari ke mana-mana, saya pergi ke penampungan anjing setiap hari" kata Eddie Collins kepada News 4 Tucson.

Setelah menghabiskan berbulan-bulan mencari peliharaan Chihuahua yang hilang, lelaki Tucson yang putus asa ini lalu mengumumkan bahwa ia menawarkan rumah untuk orang yang dapat menemukan dan membawa Jenny kepadanya.

"Saya menawarkan sepotong properti dengan rumah satu kamar tidur. Saya bersedia memberikan tanah, trailer, bengkel, semuanya gratis dan jelas, tidak ada pertanyaan. Saya hanya ingin memiliki Jenny kembali. "

Materi bukanlah apa-apa dibanding anjingnya yang berharga

Memberikan sebuah hadiah rumah untuk kembalinya seekor anjing mungkin tampak ekstrem. Namun Collins memiliki alasan bahwa dirinya mencintai Jenny lebih dari apa pun di dunia dan tidak bisa membayangkan hidupnya tanpa dia. Baginya, rumahnya hanya benda, sementara Jenny adalah keluarganya. 

"Bagi saya, ini bukan tentang hal-hal materi," kata Collins kepada News 4 Tucson.

Collins berharap bahwa nanti akan ada gerakan besar yang akan membantunya membawa perhatian masyarakat yang mengetahui ceritanya, dan menyebabkan orang-orang membantunya mencari Jenny kecil. Jelas, dia tidak akan berhenti sampai dia pulang dengan selamat , dan semua orang yang telah mendengar kisahnya pun membantu Collins untuk mencari Jenny. 

Namun sampai sekarang Jenny kecilnya belum ditemukan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggalkan Real Madrid, Gareth Bale Akhirnya Berlabuh di Klub Kaya?

Posted: 21 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa depan Gareth Bale di Real Madrid memang masih menjadi pembahasan. Kelanjutan karier Bale dinilai masalah yang paling panas pada jendela transfer musim panas ini.

Kubu Real Madrid kabarnya ingin menjual sang pemain. Di sisi lain, banderol serta permintaan gaji tinggi dari Bale membuat hanya sedikit klub yang bisa merekrut pemain 30 tahun tersebut.

Kebenaran kabar tersebut akhirnya dikonfirmasi Zidane. Pelatih asal Prancis ini secara terang-terangan menyebut bahwa ia sudah tidak membutuhkan Bale.

Beberapa calon destinasi Bale dihembuskan media, mulai dari mantan klubnya, Tottenham Hotspur hingga raksasa Bundesliga, Bayern Munchen.

Namun, kini seperti dilansir Marca, Bale kemungkinan besar akan berkemas dari Real Madrid, dan terbang menuju Asia. Ia disebut-sebut menerima pinangan klub Liga Super Tiongkok.

Klub Kaya

5. Gareth Bale (Real Madrid) - 40,2 juta euro. (AP/Pavel Golovkin)

Beberapa klub kaya raya Tiongkok kabarnya sangat menginginkan tanda tangan Bale. Dua tim yang menjadi peminat Bale paling serius adalah Jiangsu Suning dan Beijing Guoan.

Bale digaet Real Madrid dari Tottenham pada 2013 silam dengan biaya transfer mencapai 100 juta euro yang membuatnya menjadi pemain termahal di dunia kala itu.

Badai Cedera

Bale sejatinya mampu menunjukkan performa impresif dari musim ke musim. Namun badai cedera membuat kesempatan bermain bagi sayap 30 tahun itu makin berkurang.

Bersama Real Madrid, Gareth Bale sudah meraih berbagai gelar, mulai dari satu trofi La Liga, satu Supercopa de Espana, empat Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, dan empat gelar Piala Dunia Antarklub.

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perjuangan Petugas PPSU Bersihkan Sampah di Kali Ciliwung

Posted: 21 Jul 2019 09:35 PM PDT

Petugas PPSU saat membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut  di aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU saat membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut di aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi petugas PPSU bersihkan sampah yang tersangkut ditengah deras arus aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi petugas PPSU bersihkan sampah yang tersangkut ditengah deras arus aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU berenang untuk membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut  di aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU berenang untuk membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut di aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU saat membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut  di aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU saat membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut di aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi petugas PPSU bersihkan sampah yang tersangkut ditengah deras arus aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi petugas PPSU bersihkan sampah yang tersangkut ditengah deras arus aliran anak kali Ciliwung, Jakarta, Senin (22/7/2019). Pembersihan sungai dari berbagai sampah tersebut dimaksudkan agar tidak ada penumpukan sampah dan sedimentasi saluran di sepanjang sungai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Jaksa Agung Jelang Pengumuman Uji Kompetensi Capim KPK

Posted: 21 Jul 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi (Pansel) akan mengumumkan hasil uji kompetensi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) hari ini, Senin (22/7/2019).

Jaksa Agung HM Prasetyo berharap, nama-nama yang ia rekomendasikan mengikuti bursa Capim KPK mendapatkan hasil baik dalam uji kompetensi ini. Dia berharap, jaksa-jaksa terbaik yang dikirim itu akan terpilih menjadi pimpinan KPK jilid V.

"Harapan kita tentunya mereka nanti akan berhasil lolos dalam seleksi uji kompetensi Capim KPK, supaya di sana kejaksaan memberikan arah yang benar tentang kinerja KPK," kata Prasetyo di Lapangan Upacara Badan Diklat Kejaksaan RI, Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).

Menurut Prasetyo, KPK harus ditangani oleh orang-orang yang mempunyai latar belakang di bidang hukum. "Kalau tidak, tentunya mereka akan banyak sekali waktu yang terbuang, harus belajar dan sebagainya, termasuk penghayatan," ucapnya.

Prasetyo menampik tundingan soal kehadiran jaksa dan kepolisian di struktur kepemimpinan bakal merusak marwah KPK. Ia menjamin KPK akan jauh lebih baik jika diisi oleh orang-orang yang terbiasa menangani hukum.

"Kalau ada pihak yang mengatakan jaksa dan polisi jangan masuk ke sana, apa alasannya tidak boleh masuk ke sana. Apa dikira dengan masuknya jaksa dan polisi itu KPK akan menjadi rusak. Tidak, justru akan lebih baik," ujarnya.

 

Rekomendasikan 5 Jaksa

Gedung Kejaksaan Agung Jakarta.

Jaksa Agung HM Prasetyo merekomendasikan lima jaksa untuk mendaftar menjadi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lima jaksa tersebut yakni Direktur Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus-Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Sugeng Purnomo, Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Johanis Tanak

Kemudian Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah M Rum, Kepala Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Ranu Mihardja, dan Koordinator pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung Supardi.

Belakangan, Muhammad Rum tak ikut uji kompetensi yang digelar Kamis kemarin. Mantan Kapuspenkum Kejagung itu tidak hadir karena sedang haji.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepincut Aubameyang, Inter Milan Rela Tukar Icardi

Posted: 21 Jul 2019 09:30 PM PDT

Milan - Inter Milan terus berupaya mendatangkan penyerang baru musim panas ini. Sebelumnya Inter Milan mencoba merekrut Romelu Lukaku dari Manchester United.

Namun, proses transfer tersebut masih berjalan alot. Inter Milan sudah mengajukan 54 juta pounds, tapi tawaran tersebut ditolak pihak Setan Merah.

Terbaru, Inter Milan dikabarkan Metro, Sabtu (20/7/2019), siap menawarkan Mauro Icardi demi bisa memboyong striker Arsenal, Pierre Emerick Aubameyang, pada musim panas ini. Namun, Icardi menolak hengkang ke klub asal London tersebut.

Icardi kabarnya lebih memilih pindah ke sesama tim Serie A, Juventus. Pemain asal Argentina itu santer dikaitkan dengan klub asal Turin tersebut.

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, mengonfirmasi Mauro Icardi tidak masuk rencana tim untuk musim 2019-2020.

"Icardi bukan bagian dari rencana kami. Itulah kenyataan saat ini dan klub sudah jelas tentang ini," tutur Conte seperti dilansir Metro, Sabtu (21/7/2019).

 

 

Cari Dana

Romelu Lukaku menyumbang dua gol untuk membantu Manchester United (MU) menang 3-2 atas Southampton pada pekan ke-29 Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (2/3/2019). (Martin Rickett/PA via AP)

Nerazzuri masih mencari dana demi menuruti banderol yang diinginkan Manchester United, yakni senilai 90 juta pounds atau setara Rp 1,56 triliun.

Situasi tersebut membuat Inter Milan mencoba alternatif lain. Selain Aubameyang dan Lukaku, tim asuhan Antonio Conte itu juga berusaha mengincar Duvan Zapata dari Atalanta dan Edinson Cavani dari Paris Saint Germain.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Dorong Pembangunan Rumah Berbasis Komunitas

Posted: 21 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemerintah daerah (Pemda) dan pengembang untuk melaksanakan program pembangunan perumahan berbasis komunitas di Indonesia. Untuk itu, pemerintah berharap Pemda bisa membantu mengkoordinir komunitas yang ada di masyarakat untuk memiliki rumah yang laik huni.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Yusuf Hariagung, menyatakan, pihaknya siap memberikan dukungan kepada berbagai komunitas di berbagai daerah yang membutuhkan rumah.

Direktorat RUK pun dikatakannya siap memberikan sosialisasi, informasi serta kebijakan dari pemerintah dalam bidang perumahan yang dikenal dengan penyelenggara perumahan berbasis komunitas, dan bagaimana perumahan berbasis komunitas dapat dilaksanakan di lapangan.

"Pada dasarnya perumahan berbasis komunitas adalah kolaborasi bersama stakeholder untuk mewujudkan perumahan bagi kelompok masyarakat tertentu," terang dia dalam sebuah pernyataan tertulis, Senin (22/7/2019).

Adapun salah satu lokasi perumahan yang dipersiapkan oleh pemerintah sebagai lokasi pembangunan rumah berbasis komunitas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan anggota TNI/Polri yakni Perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya (BPS) Land di Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Proses pembangunan BPS Land dilakukan oleh PT Cipta Arsigriya selaku pengembang. Sementara bantuan yang akan diberikan Kementerian PUPR untuk membantu pembangunan rumah berbasis komunitas BPS Land yakni fasilitasi bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) berupa jalan lingkungan oleh pemerintah.

"Nantinya, komunitas yang akan menempatinya adalah ASN, TNI, dan Polri. Rumah ini progres pembangunannya sangat cepat. Insya Allah kami berharap Wakil Presiden Republik Indonesia bisa melakukan ground breaking perumahan komunitas ini," ungkap Yusuf.

 

Pengentasan Rumah Tak Laik Huni

Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rulilahu) yang disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos) mampu meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat di provinsi Maluku khususnya kota Ambon.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumatera Selatan Basyaruddin Akhmad menjelaskan, pihaknya mengupayakan agar ground breaking oleh Wakil Presiden Republik Indonesia bisa terlaksana dengan baik.

Pemerintah Provinsi Sumsel disebutnya siap berkolaborasi dengan Kementerian PUPR untuk mengentaskan rumah tidak laik huni di Palembang. "Kita sudah siap untuk tata letak dan sebagainya. Di sini kita juga siapkan empat rumah sebagai contohnya. Pelaksanaan ground breaking akan dilakukan dengan peletakan batu pertama oleh Wapres RI," terangnya.

Direktur PT Cipta Arsigriya, Dani Candra Wijaya menerangkan, perumahan BPS Land rencananya dibangun dengan dua tipe. Pertama yakni Agatis dengan luas bangunan tipe 36 dan luas tanah 72 meter persegi.

Sedangkan tipe kedua adalah Mahoni dengan ukuran bangunan tipe 45 dan luas tanah 98 meter persegi. Adapun harga jual per unit rumah diberikan mulai dari harga Rp 140 juta per unit.

"Luas lahan yang kami siapkan untuk pembangunan BPS Land adalah 50 ha. Sudah ada sekitar 3.000 rumah yang sudah dipesan oleh komunitas di Palembang ini," pungkas dia.

Koordinasi Pusat dan Daerah Jadi Tantangan Sektor Perumahan di RI

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) REI, Soelaeman Soemawinata, mengatakan bahwa kinerja pemerintah Joko Widodo di sektor perumahan perlu diapresiasi. Pemerintah kata dia, telah menunjukkan komitmen untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat selama 4 tahun terakhir.

"Kalau dari kami melihatnya lebih ke sisi substansi selama ini memang kita harus akui bahwa pemerintah 4 tahun belakangan ini sangat konsisten dan mempunyai progres yang kuat untuk bagaimana caranya rakyat ini bisa memiliki rumah dan bisa berpenghidupan secara lebih layak," kata dia, saat ditemui, di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Meskipun demikian, dia mengatakan, tentu ada catatan yang masih harus diberikan terkait implementasi program pembangunan perumahan yang dijalankan pemerintah.

"Jadi kebijakan yang memang fokus di sana seperti ada PP 64 sudah dijalankan kemudian OSS sudah dijalankan tapi memang belum bisa berjalan secara penuh," jelas dia.

Menurut dia, ke depan masih cukup banyak tantangan yang harus dihadapi. Termasuk koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang masih harus ditingkatkan.

"Karena memang tantangannya cukup banyak sebenarnya menggulirkan kebijakan ke 450 sekian daerah tingkat Daerah Tingkat (Dati) II artinya kabupaten kota bukan yang gampang sebenarnya," ungkapnya.

Selain itu, backlog perumahan yang mencapai 11,4 juta dan terus bertambahnya kebutuhan perumahan setiap tahun, kata dia, juga merupakan tantangan tersendiri.

"Jumlah itu tantangan sendiri 11,4 juta backlog kemudian ada keluarga baru yang masuk setiap tahun di 800 keluarga itu adalah sebuah tantangan yang cukup besar," tandasnya. 

Pengembang Diminta Lebih Gencar Bangun Rumah Murah

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta kontraktor pengembang perumahan untuk lebih gencar membangun rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Salah satu langkah dalam menyediakan hunian terjangkau melalui Program Sejuta Rumah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menuturkan, pembangunan hunian dalam Program Sejuta Rumah hingga akhir Februari 2019 telah mencapai 120 ribu unit. 

Namun dia menilai, pencapaian tersebut masih tertahan lantaran pengembang enggan membangun rumah bagi MBR sebelum ada kepastian terkait harga jualnya.

"Jadi kita sekarang memang masih ada gejala pengembang menahan stok karena nunggu harga. Nah ini enggak betul nih," keluh dia di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Dia pun mengimbau agar pengembang tetap menyalurkan rumah yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Dengan harga yang ada sekarang, laksanakan seperti biasa. Karena dengan harga sekarang masih bisa jalan," imbuh dia.

Dia pun menyampaikan, Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan kini tengah menggodok perubahan skema harga rumah MBR untuk periode 2019 dan 2020.

"Ini sedang diusulkan dari PUPR ke Menteri Keuangan (Sri Mulyani Indrawati), sedang harmonisasi. Ini untuk 2 tahun, 2019 dan 2020. Saya minta kepada teman-teman asosiasi dan pengembang untuk terus semangat mendukung Program Sejuta Rumah," ujar dia.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL Bocor, Pakai RAM 6GB?

Posted: 21 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google direncanakan bakal meluncurkan smartphone terbarunya, yakni Pixel 4 dan Pixel 4 XL kisaran Oktober 2019.

Seperti vendor smartpone lainnya, sejumlah bocoran informasi tentang bentuk bodi hingga tata letak lensa kamera di belakang pun ramai muncul di internet jelang peluncuran.

Walau Google masih tutup mulut tentang dua penerus seri Pixel 3 itu, sebuah laporan baru memberikan informasi tambahan tentang spesifikasi utama Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Dilansir BGR, Senin (22/7/2019), layar Pixel 4 akan memiliki resolusi 2280x1080 dibandingkan dengan Pixel 3 yang hanya beresolusi 2160x1080.

Sementara itu, Pixel 4 XL hadir dengan layar 3040x1440 pikel lebih tinggi dibandingkan pendulunya, yakni 2960x1440 piksel.

Tak hanya itu, disebutkan juga kedua smartphone baru Google akan memiliki RAM 6GB. Lebih tinggi ketimbangan RAM di Pixel 3 dan Pixel 3 XL yang hanya 4GB.

Peningkatan lain yang bakal muncul di dua Pixel 4 ini adalah opsi memori internal berukuran 128GB.

 

Bakal Hadirkan Varian Berbeda

Inikah foto smartphone terbaru milik Google, Pixel 4, yang kedapatan di dunia nyata? (Doc: 9to5Google)

Lebih lanjut, ada kemungkinan besar perusahaan mesin pencari ini akan menawarkan opsi penyimpanan tambahan untuk Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Belum dapat dipastikan apakah varian kapasitas memori internal yang lebih tinggi bakal memiliki RAM yang tinggi juga, sama halnya dengan varian smartphone milik vendor lainnya.

Sayang, Google masih belum mengonfirmasi lebih detail lagi informasi yang sudah bocor di internet tersebut.

Yang pasti, semua informasi tentang Pixel 4 dan Pixel 4 XL bakal terungkap pada peluncuran dua smartphone terbaru milik Google itu  pada Oktober 2019.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mahershala Ali Perankan Blade, Begini Proses Castingnya

Posted: 21 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mahershala Ali resmi diumumkan Marvel bakal menjadi pemeran tokoh Blade. Ternyata proses casting Ali menjadi Blade tidak serumit yang dibayangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kode yang Dipakai Nunung Saat Pesan Sabu

Posted: 21 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nunung telah ditetapkan menjadi tersangka kasus penyalahgunaan obat terlarang. Hingga kini, penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya masih terus menggali keterangan dari sang komedian.

Dari hasil penyidikan, polisi berhasil membongkar cara Nunung melakukan transaksi narkoba. Sudah lima bulan Nunung mendapatkan sabu dari seorang kurir bernama Hadi Moheriyanto alias Tabu.

"Modusnya sama, tersangka TB selalu memesan dan diantarkan ke rumah tersangka NN di bilangan Tebet, dengan pembayaran cash," ucap Kasubdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Calvijn Simanjuntak di kantornya, Minggu (21/7/2019).

Untuk mengelabui, Nunung dan Tabu memiliki kode tersendiri saat bertransaksi. Keduanya bersandiwara layaknya sedang melakukan jual beli perhiasan.

Kode Perhiasan

Nunung Srimulat (istimewa)

"Apabila ada siapa pun yang menanyakan, apa kepentingan tersangka TB datang, mereka sepakati bahwa tersangka TB ini selalu menyerahkan perhiasan," terang AKBP Calvijn Simanjuntak.

"Pada saat penangkapan TB mengakui awalnya dia menyerahkan perhiasan. Dengan adanya introgasi, muncul alat-alat terkait narkoba," sambungnya.

Sudah 20 Tahun

Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Nunung dan suaminya, July Jan Sambiran ditangkap oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jumat (19/7/2019). Dari tangan keduanya, polisi menyita sabu seberat 0,36 dan alat isapnya.

Dalam proses penyidikan, Nunung mengaku telah mengonsumsi barang haram itu sejak 20 tahun lalu. Sementara suaminya bahkan lebih lama lagi, 24 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

52 Ribu Calon Haji Indonesia Sudah Tiba di Makkah

Posted: 21 Jul 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Jemaah Calon haji perlahan lahan mulai berdatangan ke Makkah. Sampai hari ini 22 Juli 2019 sudah sebanyak 52.065 calon haji Indonesia disertai petugas haji telah berada di Kota Kelahiran Nabi Tersebut.

Data tersebut bedasarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag. "Ini sesuai data Siskohat tanggal 21 Juli 2019, pukul 19.00 WAS," jelas Kasie Data dan Informasi Daker Makkah Nurhanudin, Minggu (21/07).

Selain itu, Nurhan juga menyampaikan data tersebut bedasarkan gabungan gelombang pertama dan kedua pemberangkatan haji asal Indonesia.

"Total jemaah gelombang dua yang tiba berjumlah 40. 695 orang. Sementara untuk gelombang kedua sebanyak 11.370 orang," jelas Nurhan.

Daftar Calon Haji yang Wafat

Jemaah Haji Indonesia wafat di Jeddah. Darmawan/MCHMakam Baqi di Madinah menjadi salah satu lokasi pemakaman jemaah haji di Tanah Suci. Deny/MCH

Sementara itu, jumlah calon haji yang wafat hingga hari ke 16 masa operasional haji, bertambah menjadi 11 orang. Berikut daftar rinciannya.

1. Khairil Abbas Salim (BTH 23), usia 62 tahun, meninggal pada 8 Juli 2019, di RSAS Madinah.

2. Sumiyatun Sowikromo Sutardjan (SOC 2), usia 57 tahun, meninggal pada 8 Juli 2019, di pesawat menuju Madinah.

3. Mudjahid Damanhuri Mangun (SOC 44), usia 74 tahun, meninggal pada 9 Juli 2019, di RSAS Madinah.

4. Subli bin Muhammad Nasri (BTH 32), usia 61 tahun, meninggal pada 11 Juli 2019, di RSAS Madinah.

5. Artapiah Armin Musahab (JKG 86), usia 60 tahun, meninggal pada 12 Juli 2019, di pesawat menuju bandara Madinah.

6. Soeratno G Mangun Wiyoto (SUB 45), usia 74 tahun, meninggal pada 15 Juli 2019, di RSAS Madinah.

7. Ahmad Suparman bin Jubed (JKS 01), usia 53 tahun, meninggal pada 17 Juli 2019, di RSAS Madinah.

8. Rabiun Daliman Arsyad (LOP 6), usia 54 tahun, meninggal 18 Juli 2019, di pemondokan Madinah.

9. Supardjo Rata Ilyas (JKS 41), usia 76 tahun, meninggal 20 Juli 2019, di pesawat dalam perjalanan menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

10.Ahmad Dimyati Ruhbi (JKS 18), usia 56 tahun, meninggal 21 Juli 2019 di RSAS Makkah.

11.Sapan Tumanga Loga (UPG 4), usia 69 tahun, meninggal 21 Juli 2019, di pemondokan Makkah.

 

Reporter : Nabila Bilqis

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Didesak untuk Gabung Koalisi Militer AS demi Tekan Iran

Posted: 21 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, London - Kabinet pemerintah Inggris menghadapi tekanan dari politisi parlemen untuk bergabung dalam koalisi militer multinasional pimpinan Amerika Serikat. Koalisi itu tengah dipersiapkan untuk menghadapi eskalasi tensi dengan Iran.

Seruan datang dari sejumlah politisi oposisi dan backbenchers (legislator non-penjabat menteri) di Westminster. Mereka mendesak agar Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt menerima tawaran AS untuk bergabung dalam koalisi keamanan maritim di Teluk Persia dan Selat Hormuz yang memanas, the Guardian, Senin (22/7/2019).

Baik Inggris dan Iran juga tengah terlibat dalam tensi diplomatik. Keduanya saling melakukan penyitaan kapal berbendera masing-masing negara.

Inggris menyita kapal Grace 1 Iran di perairan Gibraltar awal Juli 2019, atas tuduhan melanggar sanksi yang ditetapkan Amerika Serikat terkait pelarangan pengiriman minyak ke Suriah.

Sementara Iran menyita kapal Stena Impero di Selat Hormuz akhir pekan lalu, atas tuduhan "melanggar hukum internasional di wilayah kedaulatan Iran."

Baik kedua pihak membantah tuduhan yang dialamatkan kepada mereka.

Kata Politisi Parlemen Inggris

Tanker berbendera Inggris milik  firma Swedia, Stena Impero (Vesselfinder / AFP PHOTO)

Politisi parlemen Inggris menyatakan kekecewaan kepada menteri kabinet, terutama Menlu Hunt dan Menteri Pertahanan Tobias Ellwood, yang dinilai enggan menerima tawaran AS terkait pembentukan koalisi keamanan maritim di Teluk Persia.

Keengganan itu, kata backbenchers Iain Duncan Smith, memicu kegagalan Inggris dalam memberikan keamanan yang layak kepada kepentingan mereka di perairan dekat Iran, serta berujung pada penahanan Stena Impero.

Smith, yang digadang-gadang akan menduduki jabatan menteri di kabinet Boris Johnson --yang diperkirakan akan menjadi PM Inggris selanjutnya-- mengatakan pemerintah perlu segera menjawab tuduhan bahwa mereka telah membuat kesalahan.

Anggota parlemen itu mengatakan, rekan-rekan politisinya telah menerima informasi bahwa Washington sudah mengundang Inggris "untuk menggunakan aset AS untuk mendukung rute pelayaran Inggris (di Teluk)."

"Namun, mereka tidak mengambil tawarab pada saat itu."

Smith juga mempertanyakan mengapa Inggris tidak mengirim aset militer tambahan segera setelah muncul sinyal-sinyal eskalasi dengan Iran, terutama, pasca-penahanan kapal Grace 1 Iran oleh Inggris di Gibraltar pada 2 Juli 2019 lalu.

Di sisi lain, Menhan Ellwood mengatakan bahwa penngurangan anggaran militer telah menyebabkan AL Inggris kesulitan untuk "mengerahkan aset guna melindungi kepentingan Inggris di seluruh penjuru dunia."

Sementara itu, sumber yang dekat dengan kantor Kementerian Luar Negeri Inggris (FCO) mengatakan bahwa Menlu Hunt diharapkan untuk segera mengumumkan sanksi baru kepada Iran, terkhusus Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) yang disebut melakukan operasi penahanan langsung Stena Impero di Selat Hormuz.

FCO juga diperkirakan masih mengupayakan langkah-langkah diplomasi untuk meredakan ketegangan terkini dengan Iran.

Saat ini, FCO juga telah mengeluarkan peringatan agar kapal berbendera Inggris tidak berlayar di Selat Hormuz menyusul insiden penyitaan Stena Impero.

Kata Iran

Tanker berbendera Inggris milik firma Swedia, Stena Impero (AP PHOTO)

Pertemuan anggota parlemen Iran pada Minggu 21 Juli menyambut penangkapan kapal Stena Impero.

Parlemen Iran juga menyerukan pemerintah untuk mempertimbangkan membebankan tarif pada semua pengiriman Inggris dan AS menuju Selat Hormuz, sebuah langkah yang akan mengarah pada konfrontasi laut karena selat tersebut dianggap perairan internasional.

"Kami juga meminta agar kapal Iran (Grace 1) dilepaskan sesegera mungkin sehingga kita tidak harus memaksakan tarif pada kapal-kapal Inggris dan AS yang melintasi Selat Hormuz," kata Mostafa Kavakebian, seorang anggota komite keamanan nasional parlemen Iran.

Para pejabat Iran secara eksplisit mengatakan, penangkapan Stena Impero pada Jumat 19 Juli lalu merupakan pembalasan atas penangkapan Grace 1.

Juru bicara parlemen Iran, Ali Larijani, mengatakan Inggris "mencuri (Grace 1) dan segera mendapat ganjarannya" dari IRGC.

Duta Besar Iran untuk Inggris, Hamid Baeidinejad, mengatakan di Twitter bahwa Inggris perlu menahan "kekuatan politik domestik yang ingin meningkatkan ketegangan yang ada antara Iran dan Inggris hingga di luar masalah kapal. Ini cukup berbahaya dan tidak bijaksana pada waktu yang sensitif di kawasan itu," katanya, seraya menambahkan bahwa Iran "siap untuk skenario yang berbeda."

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Petai bagi Kesehatan, Jangan Anggap Remeh

Posted: 21 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petai tak hanya lezat disantap. Meski memiliki bau menyengat, petai menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Petai biasa disajikan sebagai sambal, lalapan, atau dimasukkan ke dalam campuran masakan. Jika Anda merupakan penggemar petai, secara tidak langsung Anda sudah mendapat manfaat petai yang baik bagi kesehatan.

Petai, yang memiliki nama ilmiah Parkia speciosa, merupakan jenis polong-polongan yang dapat ditemui di Asia Tenggara. Petai bermanfaat bagi kesehatan, terbukti dari kandungan nutrisinya. Petai mengandung protein, karbohidrat, fosfor, vitamin A, zat besi, dan sejumlah mineral lainnya.

Petai mampu mengatasi dan mencegah beberapa masalah kesehatan. Beberapa orang menjauhi petai karena baunya yang kurang sedap. Bau tidak sedap yang dimiliki oleh petai berasal dari asam amino yang mengandung unsur sulfur. Meski bau, manfaat petai tak kalah hebat dari sayur dan biji-bijian lainnya.

Nah, apa saja manfaat petai bagi kesehatan? Simak ulasan Liputan6.com tentang manfaat petai yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/7/2019).

Ringankan gejala PMS

PMS (Sam Aus/Shutterstock)

PMS (Pre Menstrual Syndrome) menjadi masalah tersendiri bagi sebagian wanita. PMS bisa mengubah emosi, menimbulkan keram dan rasa nyeri. Saat PMS, wanita dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen, seperti asam folat, vitamin B-6, kalsium, dan magnesium untuk mengurangi keram dan perubahan suasana hati.

Pete mengandung vitamin B, kalsium, dan magnesium yang berguna untuk meringankan gejala PMS. Efek triptofan yang dihasilkan petai membantu menstabilkan suasana hati. Bitamin B, terutama vitamin B1, dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu meningkatkan mood seseorang.

Vitamin B-6, kalsium, dan magnesium pada petai dapat mengurangi kembung dan nyeri saat PMS. Mengonsumsi petai saat menstruasi juga mampu mengembalikan zat besi yang hilang saat PMS.

Cegah Anemia

Ilustrasi anemia (iStock)

Anemia disebabkan kekurangan zat besi dalam darah. Anemia kekurangan zat besi adalah jenis anemia yang paling umum, dan itu terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin. Ketika tidak ada zat besi yang cukup dalam aliran darah, seluruh tubuh tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan.

Petai kaya akan zat besi yang mendorong pembuatan hemoglobin dalam darah. Ini dapat mencegah timbulnya anemia. Gejala anemia juga dapat diatasi dengan mengonsumsi petai. Ini karena pete dapat mengatasi lelah, letih, lesu, dan lemas, pusing dan mual yang menganggu aktivitas.

Atasi stres, cemas, dan depresi

Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Gabriel Matula.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang berjuang dalam gangguan depresi merasa jauh lebih baik usai mengonsumsi petai. Ini karena petai mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dapat memberi efek rileks, meningkatkan suasana hati, dan menjadi lebih nyaman.

Petai juga mengandung vitamin B yang tinggi yang membantu melemaskan sistem saraf pusat. Petai diperkaya oleh kalium yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan juga mengelola keseimbangan air tubuh manusia. Ketika merasa cemas, laju metabolisme meningkat hingga menurunkan kadar kalium.

Stabilkan tekanan darah

Ilustrasi Hipertensi (Ilustrasi/iStockphoto)

Petai kaya akan kalium dan rendah natrium. Perpaduan ini membuatnya ideal untuk menaklukkan tingkat tekanan darah. US Food and Drug Administration mulai membudidayakan petai karena diklaim mampu mencegah tingkat tekanan darah dan stroke jantung.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa petai dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Orang dengan hipertensi dan mereka yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung mungkin perlu menjaga asupan natrium harian mereka antara 1.500 miligram dan 2.300 miligram per hari.

Tingkatkan fungsi kognitif

Ilustrasi (iStock)

Petai memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Penelitian di Inggris menguatkan bahwa petai dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Penelitian ini menunjukkan, siswa yang mengonsumsi petai saat sarapan hingga makan siang, dapat menyelesaikan masalah dengan cukup mudah.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa makanan yang dikemas dengan potasium dapat membantu belajar dengan membuat siswa lebih waspada dan juga meningkatkan daya ingat. Mineral ini memainkan peran penting dalam mengaktifkan impuls saraf di seluruh sistem saraf. Impuls saraf membantu mengatur kontraksi otot, detak jantung, refleks, dan banyak proses lainnya.

Lancarkan pencernaan

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Petai memiliki efek efek antasid yang bisa meredakan mulas atau sakit perut lainnya. Petai dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit pada perut. Makan petai di sela waktu makan juga membuat kadar glukosa darah naik dan mencegah mual di pagi hari pada wanita.

Petai bisa digunakan sebagai makanan untuk gangguan usus karena teksturnya yang lembut dan halus. Petai menetralkan tingkat keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi lapisan perut. Serat ditemukan dalam petai yang membantu pencernaan makanan. Bagi siapa saja yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, petai cocok dikonsumsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adellia, Permata dari Kolam Renang ASEAN Schools Games 2019

Posted: 21 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta ASEAN Schools Games 2019 di Semarang, Jawa Tengah, jadi sarana Adellia pamer kemampuan di kolam renang. Adellia sukses menyabet tiga emas dari cabang olahraga renang di ajang ini.

Gadis berusia 15 tahun ini meraih emas di nomor gaya dada putri untuk nomor 50m, 100m, dan 200m. Bahkan, hari ini (22/7/2019) dia berpotensi menambah koleksi emasnya apabila mampu memenangi nomor estafet.

Yang menarik, Adellia justru tidak ditargetkan meraih emas oleh kontingen Indonesia di ASEAN Schools Games 2019. Kemunculannya melahirkan sebuah harapan di sektor putri cabor renang.

"Persaingannya ketat banget di gaya dada. Dari Filipina dan Thailand bagus-bagus. Sebenarnya saya enggak ditarget emas, tapi ternyata bisa raih tiga emas sampai hari ini," ungkap Adellia.

Cabang olahraga renang untuk sektor putri bukan salah satu andalan Indonesia. Untuk level Asia Tenggara saja, bisa dihitung dengan jari perenang-perenang putri Indonesia yang berprestasi.

Terakhir ada Yessy Yosaputra yang merebut medali emas SEA Games 2011 Palembang di nomor 200 meter gaya punggung putri. Ratu Renang Indonesia di masa lalu, Elsa Manora Nasution, pun hanya mendapat satu emas, yakni di SEA Games 1999 Bandar Seri Begawan.

Bak Permata

Adelia, Permata dari Kolam Renang (Windi Wicaksono)

Bagi dunia olahraga Indonesia, kehadiran Adellia bak permata di kolam renang. Melihat aksinya di ASEAN School Games 2019, dia bukan mustahil menjadi masa depan renang putri Merah Putih.

Ibarat permata, yang harus melewati tahap pemolesan sebelum dijadikan perhiasan, Adellia pun demikian. Dia harus terus menempa dirinya untuk berkembang sebelum bisa bersinar di ajang yang lebih besar.

Masih jauh apabila kita menyebut Adellia calon Ratu Renang Indonesia. Sebuah batu disebut permata apabila memenuhi beberapa syarat, yakni memiliki ketahanan, keindahan, dan kelangkaan.

Impian Besar

Berdasarkan hal itu, murid kelas satu SMAN 5 Cimahi ini mengaku memang punya impian besar. Dia berharap suatu saat nanti dapat turun di ajang sebesar Olimpiade dan merebut medali untuk Indonesia.

"Pertama kali yang perkenalkan sama olahraga dari om. Dulu om saya mantan perenang nasional, namanya Erwanto. Awalnya turun di nomor gaya bebas, tapi tidak pernah menang, terus saya ganti turun di gaya dada, eh menang," kata Adellia kepada Liputan6.com.

"Kalau yang terdekat, saya paling turun di PON 2020 wakili Jawa Barat dulu. Baru setelah itu pengin main di SEA Games 2021, tapi itu kalau dipanggil pelatnas," ucapnya.

Selama ini Adellia kerap ikut kejuaraan renang lokal bersama Elite Swimming Club. Perenang favoritnya adalah Adam Peaty, atlet asal Inggris pemegang rekor dunia gaya dada 50m dan 100m.

Yang menarik, Adellia ternyata memiliki darah asing dalam dirinya. Dia mengaku sang kakek berdarah Tionghoa, sedangkan sang neneng berasal dari Belanda. Fakta ini tak mengejutkan bila melihat rambutnya yang agak pirang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hebohnya Marvel Phase 4 yang Bikin Fans Girang

Posted: 21 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Minggu (21/7/2019) kemarin waktu Indonesia, para pecinta film superhero mendadak girang dengan pengumuman Marvel Phase 4 di waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU). Pengumuman ini disampaikan melalui panel di Hall H San Diego Comic Con.

Tak cuma mengumumkan judul-judul apa saja yang akan tiba di bioskop tahun depan, usai penayangan Spider-Man: Far From Home. Marvel juga menyampaikan rincian setiap judul filmnya di Marvel Phase 4 nanti.

Pertama, pada 1 Mei 2020, akan ada film Black Widow. Tak cuma mengumumkan nama Scarlett Johansson sebagai Black Widow kembali. Marvel juga mengumumkan kemunculan karakter pahlawan Red Guardian dan antagonis bernama Taskmaster.

Marvel Phase 4 selanjutnya ada The Eternals yang akan mewarnai bioskop tahun depan untuk tayang 1 Mei 2020. Hampir semua karakter utama dalam komik asli akan muncul di sini. Melalui panel ini juga Marvel mengumumkan secara resmi keterlibatan Angelina Jolie sebagai Thena.

Shang-Chi

Karakter komik Shang-Chi. (Marvel)

Marvel juga mengumumkan film bertajuk Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings sebagai film Marvel bernuansa Tiongkok pertama yang diangkat ke layar lebar.

Simu Liu resmi menjadi Shang-Chi, sementara Tony Leung bakal memerankan Mandarin, karakter yang selama ini menjadi musuh bebuyutan Iron Man. Film pertama Shang-Chi ini siap tayang 12 Februari 2021.

Doctor Strange dan Thor

Doctor Strange dan Thor. (Marvel Studios)

Lalu pada 7 Mei 2021, film Doctor Strange in the Multiverse of Madness bakal meramaikan bioskop. Satu hal yang menarik adalah film ini bakal melibatkan kembali Elizabeth Olsen sebagai Wanda Maximoff alias Scarlet Witch.

Film kedua Doctor Strange ini juga akan menjadi film Marvel bernuansa horor pertama yang dibuat mencekam. Selain itu film ini akan berhubungan erat dengan serial Disney + berjudul WandaVision.

Pengumuman terakhir adalah film Thor: Love and Thunder yang siap tayang 5 November 2021. Menariknya, kali ini film akan berfokus pada Jane Foster yang berubah menjadi Thor wanita. Natalie Portman kembali berperan sebagai Jane, sementara Chris Hemsworth dan Tessa Thompson muncul lagi sebagai Thor dan Valkyrie.

Selain itu, Marvel juga resmi mengumumkan rencana untuk membuat ulang Blade, X-Men, dan Fantastic Four. Namun begitu, jadwal dan rencana produksi masih dirahasiakan. Ada juga sekuel Black Panther, Captain Marvel, dan Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang juga masih dikembangkan.

Serial Televisi

Jeremy Renner dan Elizabeth Olsen di Captain America: Civil War. (Marvel Studios)

Selain pengumuman film, Marvel juga menyampaikan judul-judul serial televisi terbaru mereka yang mengudara di Disney +. Agustus tahun depan, mereka akan merilis The Falcon and the Winter Soldier.

Lalu tahun 2021 kita akan disuguhi WandaVision, Loki, What If...?, dan Hawkeye. Untuk diketahui, What If...? merupakan serial animasi pertama yang bertempat di MCU. Namun begitu, cerita dalam serial ini tak mempengaruhi jalan cerita MCU.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengenang Momen Mesra Pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo

Posted: 21 Jul 2019 09:18 PM PDT

Dilansir dari Soompi, dengan adanya keputusan pengadilan tersebut hubungan suami istri Song Joong Ki dan Song Hye Kyo telah berakhir. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Dilansir dari Soompi, dengan adanya keputusan pengadilan tersebut hubungan suami istri Song Joong Ki dan Song Hye Kyo telah berakhir. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo dilakukan secara baik-baik tanpa adanya pembagian tunjangan atau pun properti. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo dilakukan secara baik-baik tanpa adanya pembagian tunjangan atau pun properti. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo resmi menikah pada Oktober 2017 lalu, Pernikahan yang belum genap menginjak usia 2 tahun ini harus berakhir dengan perceraian. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo resmi menikah pada Oktober 2017 lalu, Pernikahan yang belum genap menginjak usia 2 tahun ini harus berakhir dengan perceraian. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo kini tengah disibukkan dengan jadwal pekerjaan mereka masing-masing. Song Joong Ki sendiri tengah sibuk shooting untuk drama terbarunya yang berjudul Arthdal Chronicles. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo kini tengah disibukkan dengan jadwal pekerjaan mereka masing-masing. Song Joong Ki sendiri tengah sibuk shooting untuk drama terbarunya yang berjudul Arthdal Chronicles. (Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Butuh Rp 2.058 Triliun untuk Infrastruktur hingga 2024

Posted: 21 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta dalam pembangunan, infrastruktur khususnya jalan tol. Salah satunya, yakni melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Melalui skema KPBU, pemerintah bertujuan mengatasi ketimpangan pendanaan (financial gap) infrastruktur, terutama jalan tol demi ketepatan waktu penyelesaiannya. Sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi negara dan masyarakat," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Senin (22/7/2019).

Menteri Basuki menganggap, investasi swasta dibutuhkan lantaran pendanaan pemerintah dalam penyediaan infrastruktur terbatas. Kemampuan APBN untuk 2020–2024 diproyeksikan hanya mampu memenuhi 30 persen, atau sekitar Rp 623 triliun dari total kebutuhan anggaran untuk penyediaan infrastruktur sebesar Rp 2.058 triliun.

Untuk 2019 ini, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melelang tujuh ruas jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp 151,13 triliun.

"Keterlibatan swasta membawa dampak daya ungkit (leverage) dari hasil investasinya, sehingga keuntungan dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur lainnya," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit.

 

Jalan Tol yang akan Dilelang

Proyek Tol Trans Sumatera. (Dok Kementerian PUPR)

Sebanyak 7 jalan tol yang akan dilelang merupakan ruas tol usulan dari badan usaha yakni;

1. Jalan Tol Semanan–Balaraja sepanjang 31,9 km

2. Kamal–Teluknaga–Rajeg (38,6 km)

3. Akses Menuju Pelabuhan Patimban (37,7 km)

4. Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap (18,4 km)

5. Yogyakarta–Bawen (77 km)

6. Solo–Yogyakarta–New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo (91,93 km)

7. Balikpapan–Penajam Paser Utara (7,35 km)

Dari ketujuh ruas tol, Jalan Tol Balikpapan–Penajam Paser Utara sudah dilakukan pelelangan dengan metode lelang hak menyamakan penawaran (right to match) pada PT Tol Teluk Balikpapan. Sementara ruas tol lainnya masih dalam tahap finalisasi desain.

Pemerintah Ajak Swasta Bersama Bangun Infrastruktur, Ini 4 Keuntungannya

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung meninjau ruas jalan Trans Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan ada keterbatasan pembiayaan APBN untuk penyediaan infrastruktur, Kementerian PUPR melakukan inovasi pembiayaan non-APBN salah satunya melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung ketersediaan pembiayaan infrastruktur untuk menunjang percepatan pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan. 

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Eko D Henpoerwanto menyebutkan, penyediaan infrastruktur menghabiskan anggaran yang tidak sedikit.

Berdasarkan Visium PUPR 2030, total anggaran yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur PUPR pada RPJMN IV setidaknya mencapai Rp 2.058 triliun.

"Total kebutuhan anggaran untuk penyediaan infrastruktur ini tidak dapat diimbangi oleh ketersediaan anggaran Pemerintah karena APBN 2020-2024 diproyeksikan hanya dapat memenuhi sekitar 30 persen (Rp 623 triliun) dari total kebutuhan anggaran," kata dia di kantornya, Jumat (8/3/2019).

Oleh karena itu, dia memandang perlunya inovasi alternatif pembiayaan infrastruktur untuk menutupi gap pendanaan sebesar 70 persen (Rp 1.435 triliun) salah satu dengan mendorong keikutsertaan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur melalui skema KPBU.

Dia menuturkan, melalui skema ini, badan usaha terikat hubungan kerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan infrastruktur yang mengacu kepada spesifikasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Di mana penyelenggaraannya menggunakan sebagian atau seluruh sumber daya badan usaha dengan memperhatikan risiko di antara kedua belah pihak," ujar dia.

Eko mengungkapkan, kerja sama tersebut akan mulai ditawarkan kepada swasta atau pengembang pada bulan depan.

"Karena ini baru terbentuk 1 bulan ini. Nanti saya semoga 1 bulan ke depan bisa kami tawarkan ke developer," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda dengan Amien Rais, Ketum PAN Sebut Akan Dukung Jokowi Tanpa Syarat

Posted: 21 Jul 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menegaskan akan memberikan dukungan kepada pemerintahan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tanpa syarat.

Sikap ini berbeda dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menyebut harus ada pembagian porsi 55:45 sebagai syarat terciptanya rekonsiliasi antara Prabowo dan Jokowi.

"Enggak pakai syarat-syarat. Ingat yang berdaulat itu rakyat, rakyat itu yang sudah memberikan kedaulatan kepada presiden terpilih, elected. Siapa yang berdaulat sekarang? Pak Jokowi sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR itu menegaskan presiden memiliki hak prerogratif untuk memilih kabinetnya sendiri. PAN, lanjutnya, juga akan mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf sepenuhnya.

"Oleh karena itu kita enggak pakai syarat-syarat. Kita mendukung agar Pak Jokowi sukses memimpin Indonesia," ucapnya.

Zulkifli pun berharap pemerintahan Jokowi sukses hingga 5 tahun ke depan.

Syarat Rekonsiliasi Amien Rais

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengeluarkan syarat agar kubu Prabowo-Sandiaga rekonsiliasi dengan kubu Jokowi. Salah satu syarat yang diajukan adalah membagi kekuasaan dengan konsep 55:45. Jika tidak, partai pendukung Prabowo-Sandiaga akan berada di luar pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.

"Misalnya disepakati, ayo bagi 55-45, itu masuk akal. Kalau sampai disepakati, berarti rezim (Jokowi) ini balik kanan, sudah jalan akalnya. Tapi ini kan enggak mungkin," ujar Amien di Gedung Dewan Dakwah, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Motor Listrik Viar Q1 Facelift Meluncur, Apa yang Berbeda?

Posted: 21 Jul 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Triangle Motorindo (Viar) memanfaatkan GIIAS 2019 yang berlangsung di ICE BSD City untuk menyegarkan motor listrik andalannya, yaitu new Viar Q1.

New Viar Q1 merupakan model lanjutan dari Viar Q1 pertama yang diluncurkan pada 2017. Pola rancang bangun kendaraan masa depan dengan target pasar kawula muda ini memadukan teknologi modern dengan cita rasa skuter retro dikolaborasikan dengan beragam fitur multi fungsi guna menunjang mobilitas khas kaum milenial yang dinamis.

"Target pasar all new Viar Q1 adalah konsumen umum berupa keluarga-keluarga dengan gaya hidup yang ditandai dengan mobilitas tinggi, terutama untuk perjalanan pendek dan sedang. Pelanggan pun dimudahkan karena sepeda motor listrik dari Viar Motors Indonesia sudah layak digunakan di jalan karena bisa mendapatkan STNK," kata Marketing Director Kencana Laju Mandiri (KLM) Yucuanto Susetyo.

New Viar Q1 dibekali dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V23Ah sebagai sumber daya yang didukung oleh teknologi Viar BMS (Battery Management System), sehingga memiliki jarak tempuh 120 Km atau dua kali lebih jauh dari model Viar Q1 sebelumnya.

Teknologi Viar BMS ini akan memantau tegangan, arus listrik dan suhu baterai secara bersamaan pada waktu yang sama sehingga bisa memberikan tingkat perlindungan keamanan baterai tetap terjaga dengan baik.

Untuk penggerak, all new Viar Q1 menggunakan motor tipe Brushless-Hub Motor buatan dari Bosch yang memiliki keluaran tenaga 800 watt. Untuk kecepatan puncak, generasi terbaru skuter listrik rakitan Semarang, Jawa Tengah bisa mencapai angka 60 Km/jam.

Ada Dua Mode Berkendara

Selain daya jelajah yang lebih panjang, skuter modern ini disematkan fitur dua pilihan mode berkendara, Standar dan Sport . Fitur ini bisa diaktifkan pada saat kendaraan berada di posisi berhenti atau sedang berjalan yang bisa dioperasikan melalui saklar yang terdapat di atas tuas throttle.

Fitur yang tak kalah penting adalah Emergency Throttle Posistion, teknologi ini sangat berguna jika tuas throttle tidak bekerja. Caranya cukup menekan tombol bertanda kunci pas secara terus menerus sebagai penggagti tuas thottle.

Ditunjang Fitur canggih

Di samping saklar Emergency Throttle Position terdapat tombol P (parking) sebagai pengaman, dengan menekan tombol P selama 5 detik maka kendaraan siap untuk dioperasikan. Ini sangat penting untuk menjaga agar kendaraan tidak bisa dijalankan sebelum menekan tombol P, inovasi ini dihadirkan oleh Viar untuk menjaga keselamatan para penggunanya, terutama pengendara yang baru mengenal sepeda motor listrik. Karena cara berkendara sepeda motor listrik berbeda dengan cara mengendarai sepeda motor konvensional yang memiliki suara.

Selain fitur keamanan bagi pengendara, all new Viar Q1 juga dilengkapi alarm untuk menjaga keamanan kendaraan di tempat parkir. Dengan mengaktifkan fitur ini, alarm akan bekerja jika roda belakang berputar lebih dari satu putaran. Sirine akan berbunyi dan semua sistem kelistrikan akan mati total.

Viar juga menerapkan fitur Smart Key On untuk mengaktifkan kendaraan melalui remote kontrol sehingga untuk menjalankan kendaraan tidak diperlukan anak kunci. Sedangkan untuk menonaktifkan atau mematikan kendaraan cukup menekan tombol pada remote kontrol.

Harga

Semua informasi kendaraan yang dibutuhkan bisa dipantau melalui panel layar full digital model negatif sehingga mudah dibaca oleh pengendara dalam berbagai kondisi. Desain baru lampu utama yang lebih sporti sudah menggunakan LED, termasuk lampu sein.

Selain memberikan daya dua kali lebih besar, guna menunjang aktivitas dan mobililitas pengendara di era modern, All new Viar Q1 memperbarui soket USB pengisi daya gawai dengan keluaran daya sebesar 2,1 Ampere yang terdapat pada konsol depan sebelah kiri.

All New Viar Q1 akan hadir dengan satu pilihan warna, yakni Creamy White dan dijual dengan harga Rp18.950.000.

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Kalangan Pejabat, Pernikahan 6 Pasangan Ini Dihadiri Presiden Jokowi

Posted: 21 Jul 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan merupakan momen sakral. Momen mengikat janji suci pasangan kekasih ini diharapkan terjadi sekali seumur hidup. Lazimnya, momen pernikahan akan digelar dengan beberapa prosesi seperti akad nikah dan dilanjutkan dengan acara resepsi.

Hadirnya tamu undangan baik dari tetangga dan kerabat merupakan sebuah kebahagiaan bagi para pengantin. Namun bagaimana kalau momen pernikahan ini dihadiri oleh orang nomor 1 di negeri ini?

Tentunya akan jadi lebih spesial bukan? Apalagi jika kamu bukanlah berasal dari kalangan pejabat namun tiba-tiba Presiden dan Ibu Negara hadir dalam resepsi pernikahanmu.

 

Momen spesial ini pernah dirasakan oleh beberapa pasangan pengantin di Indonesia lho. Tanpa diduga, Presiden Joko Widodo datang ke acara pernikahan mereka.

Berikut momen pernikahan pasangan yang bukan dari kalangan pejabat yang pernah dihadiri oleh Presiden dan Ibu Negara yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/7/2019).

Hadiri pesta pernikahan putra pelayan Istana.

Jokowi hadiri pesta pernikahan (Sumber: brilio)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana diketahui beberapa kali menghadiri acara resepsi pernikahan, dari orang yang bukan pejabat atau orang terdekatnya langsung.

Pada 2016 lalu, Jokowi pernah menghadiri pernikahan Dwi Eizky dan Franty Aulia pada (29/10/2016) yang merupakan putra dari Wahyudin, seorang warga Depok yang setiap harinya bekerja sebagai salah satu Staf Kepresidenan. Pernikahan tersebut dilaksanakan di Jalan Baru, Kampung Lop RT 8/19, Pancoran Mas, Kota Depok.

Menghadiri pernikahan keluarga supir kepresidenan.

Jokowi hadiri pesta pernikahan supir kepresidenan (Sumber: Instagram/@suhartono232)

Joko Widodo dan Ibu Iriana sempat menghadiri sebuah acara pernikahan dari keluarga pengemudi mobil kepresidenan Sertu Heri Firmansyah dan Dianty Andriawaty. Informasi tersebut diperoleh dari akun Instagram @suhartono232 yang merupakan milik Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Pernikahan tersebut digelar di Gedung Krida Bhakti, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017) lalu.

Pesta pernikahan mantan supirnya kala menjabat Gubernur DKI

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana hadiri pesta pernikahan mantan sopirnya pada saat menjabat sebagai Gubenur Jakarta. Seperti yang ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (17/2/2018). Turun dari mobil kepresidenan, Jokowi didampingi Iriana menelusuri gang untuk datang ke pesta pernikahan Novie Ayu Anggraini dan Adrian Anandika Manurung di Gang Kancil, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Novie merupakan anak dari Bejo Santoso, sopir Jokowi pada saat menjadi Gubenur DKI Jakarta sampai dua bulan setelah Pilpres 2014. Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini sontak mengejutkan Bejo, kedua mempelai, tamu undangan dan warga sekitar.

Menghadiri pesta pernikahan wartawan istana.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menghadiri sebuah pernikahan dari seorang wartawan istana kepresidenan, Sabtu (20/7/2019). Jokowi bahkan mengunggah fotonya saat menghadiri pesta pernikahan ini di akun media sosialnya. Usut punya usut, wartawan istana ini adalah anak dari seniman kondang Sudjiwo Tejo.

Putri Sudjiwo Tejo yang bernama Randu Dahlia menikah dengan seorang pria bernama Haris Setia Bangsawan. Sudjiwo Tejo menikahkan putrinya, Randu Dahlia dengan Haris Setia Bangsawan di Masjid Diponegoro, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Hadiri pernikahan atlet Asian Games.

Jokowi hadiri pesta pernikahan (Sumber: Instagram/Jokowi)

Presiden Jokowi dan Iriana juga datang ke resepsi pernikahan pasangan atlet Pencak Silat, Hanifan Yudani Kusumah dan Pipiet Kamelia. Keduanya adalah atlet penyumbang medali emas pada Asian Games 2018.

Acara resepsi sendiri dilaksanakan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu, 5 Januari 2019 lalu. Jokowi pun sempat mengabadikan potret bersama kedua mempelai melalui akun Instagramnya.

Hadiri Pernikahan Anak Pelatih Panahnya

Presiden Jokowi hadiri pesta pernikahan anak pelatih panahnya. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Presiden Joko Widodo menghadiri pesta pernikahan putra dari Cholikan Zarkasyi, pelatih panahnya pada 9 Februari 2018 silam. Pesta pernikahan tersebut digelar di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat.

Jokowi datang mengenakan setelah jas lengkap berdasi merah dan tanpa didampingi Ibu Negara, Iriana.

Saat datang, Jokowi langsung menuju pelaminan untuk memberi ucapan selamat kepada kedua mempelai, yakni Alvan Alman Valuthi dengan Reni Nurmaningsih. Kemudian dilanjutkan dengan berfoto bersama, setelah itu Jokowi pergi meninggalkan lokasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilihan Ketua Bawaslu Surabaya Siap Digelar

Posted: 21 Jul 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemilihan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya siap digelar dalam waktu dekat. Pemilihan ini dilakukan untuk mencari pengganti Hadi Margo Sambodo yang sebelumnya terkena sanksi dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) karena dianggap melanggar kode etik pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Kami akan menggelar rapat pleno untuk pemilihan ketua Bawaslu. Kemungkinan Senin ini atau Selasa pada 22 Juli 2019," kata anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya Yaqub Baliyya kepada Antara di Surabaya, Senin.

Dia menuturkan, Bawaslu Surabaya saat ini masih ada kegiatan rapat koordinasi laporan akhir di luar Kota Surabaya, sehingga diharapkan selesai rakor bisa langsung digelar rapat pleno.

Pemilihan ketua Bawaslu yang baru tersebut harus secepatnya digelar mengingat keputusan DKPP yang hanya memberikan waktu tujuh hari setelah putusan dibacakan pada 18 Juli 2019.

Saat ditanya siapa yang berpeluang menjadi ketua Bawaslu, Yaqub mengatakan empat anggota Bawaslu mempunyai peluang sama, kecuali Hadi Margo yang sudah mendapat sanksi dari DKPP berupa peringatan keras terakhir dan pemberhentian dari jabatan sebagai ketua Bawaslu.

Mengenai anggota Bawaslu Surabaya Muhammad Agil Akbar yang juga mendapatkan peringatan keras terakhir dari DKPP apakah juga masuk kriteria untuk dipilih menjadi ketua Bawaslu, Yaqub mengatakan semua masih berpeluang kecuali Hadi Margo.

"Ini yang mau kami konsultasi dulu ke Bawaslu Jatim," kata dia.

Soal kriteria, lanjut dia, paling tidak bisa bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan pemilu di Surabaya, komunikatif, dan diterima semua kalangan masyarakat.

"Pokoknya pantas dan dianggap cakap dalam mengawal Pilkada Surabaya 2020," ujar dia. Saat ditanya jika dalam pemilihan ketua Bawaslu tersebut tidak ada titik temu mengenai kriteria tersebut sehingga melampaui batasan waktu yang ditetapkan DKPP, Yaqub mengatakan hal itu bisa berarti tidak patuh terhadap putusan DKPP.

Ketua Bawaslu Diberhentikan dari Jabatannya, Ada Apa?

Peserta aksi yang tergabung dalam Mahasiswa dan Pemuda Relawan Cinta NKRI membagikan takjil ke anggota Polri yang bertugas di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Minggu (26/5). Aksi simpatik sebagai wujud apresiasi kepada anggota Polri-TNI yang menjaga keamanan aksi 22 Mei 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya, Hadi Margo Sambodo diberhentikan dari jabatannya karena dinilai melanggar kode etik penyelenggaraan pemilu.

Hal itu berdasarkan hasil sidang putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) RI Nomor 87-PKE-DKPP/V/2019 yang dibacakan di DKPP Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019.

"Kita dari awal sudah mengajukan gugatan itu. Berarti yang kita sampaikan ke DKPP sudah benar karena indikasi pelanggaran jelas sekali," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya periode 2014-2019 Whisnu Sakti Buana selaku pengadu saat ditemui di rumah dinas Wakil Wali Kota Surabaya, seperti dikutip dari Antara.

Sidang DKPP tersebut memutuskan menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada Hadi Margo Sambodo selaku ketua merangkap anggota Bawaslu Surabaya sejak dibacakan putusan.

Selain itu menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada teradu IV Muhamamad Agil Akbar selaku anggota Bawaslu Surabaya. Menjatuhkan sanksi peringatan kepada teradu II Yaqub Baliyya, teradu III Usman dan teradu V Hidayat yang masing-masing sebagai anggota Bawaslu Surabaya.

DKPP juga memerintahkan Bawaslu RI untuk melaksanakan putusan tersebut terhadap Teradu I (Hadi Margo) paling lambat tujuh hari sejak putusan dibacakan. DKPP juga memerintahkan Bawaslu Jatim untuk melaksanakan putusan tersebut terhadap Teradu II (Yaqub Baliyya), Teradu III (Usman), Teradu IV (Aqil Akbar) dan Teradu V (Hidayat) paling lambat tujuh hari sejak putusan dibacakan.

 

Selanjutnya

Menurut Whisnu, apa yang dilakukan Bawaslu Surabaya saat itu kurang tepat karena saat masih ada proses perhitungan di PPK yang di situ ada proses penghitungan dan pembetulan C1 yang memang salah tulis, tapi ada instruksi melakukan hitung ulang semua TPS di Surabaya.

"Ini ada indikasi. Gawat lagi kalau sampai seluruh kotak dibuka lagi di PPK. Ini rawan penyelewengan," kata dia.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mengimbau kepada anggota Bawaslu Surabaya berikutnya jauh lebih fair dalam menerapkan aturan main serta tidak ikut bermain seperti mendukung salah satu peserta pemilu.

"Tahun depan ada Pilkada Surabaya jadi Bawaslu harus betul-betul netral," ujar dia.

Hal sama juga dikatakan Ketua DPRD Surabaya yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Armudji. Menurut dia, sebaiknya Bawaslu Surabaya ke depan lebih hati-hati, menjaga netralitas dan tidak main-main.

"Jangan cari panggung, sidikit-sedikit langsung di sidang. Itu cara-cara arogan, seolah-olah bawaslu paling kuasa. Itu sudah tidak musimnya lagi. Bawaslu Provinsi Jatim saja tidak seperti itu," katanya.

Seharusnya, lanjut dia, Bawaslu Surabaya melakukan pencegahan atau peringatan jika ada pelanggaran pemilu. Sementara itu, Ketua Bawaslu Surabaya Hadi Margo hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi berkali-kali ponselnya tidak aktif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Akan Disahkan, Ini Pentingnya UU Ekonomi Kreatif

Posted: 21 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta RUU Ekonomi akan disahkan Agustus 2019. Surat Presiden untuk RUU Ekonomi Kreatif ini dikeluarkan pada 16 mei 2016 lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Menggemaskan Pangeran George dengan Gigi Ompong di Ultah ke-6

Posted: 21 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah dirasakan pasangan kerajaan Inggris, Kate Middleton dan Pangeran William. Putra sulung mereka, Pangeran George genap berusia 6 tahun pada hari ini, Senin (22/7/2019).

Bertepatan dengan momen manis ulang tahun, Duke and Duchess of Cambridge merilis potret-potret menggemaskan sang putra melalui akun Instagram resmi Kensington Palace @kensingtonroyal.

Terdapat tiga buah potret yang mengabadikan Pangeran George tersenyum semringah. Foto itu sekaligus menampilkan kakak dari Putri Charlotte dan Pangeran Louis ini dengan gigi ompongnya.

"Selamat ulang tahun Pangeran George! Duke dan Duchess of Cambridge sangat senang berbagi foto-foto baru Pangeran George untuk menandai ulang tahun keenam Yang Mulia." demikian keterangan yang ditulis Kensington Palace, Senin (22/7/2019).

Foto-foto Pangeran George tersebut diambil oleh Kate Middleton baru-baru ini di taman kediaman mereka di Kensington Palace. Potret pertama terlihat Pangeran George memakai jersey timnas Inggris warna putih.

"Selamat ulang tahun, Pangeran George! Pilihan kaus yang bagus," tulis akun Instagram timnas Inggris, @england.

Senyum Bahagia Pangeran George

Kate Middleton dan Pangeran William melalui Kensington Palace mengunggah potret Pangeran George tepat di hari ulang tahunnya yang ke-6 tahun. (THE DUCHESS OF CAMBRIDGE / KENSINGTON PALACE / AFP)

Masih dengan keterangan serupa, Kensington Palace juga mengunggah potret Pangeran George dalam balutan polo shirt warna hijau gelap yang dipadu dengan celana garis-garis biru putih.

Berpose sambil berdiri, tangan kiri Pangeran George terlihat bertumpu pada sebuah meja. Latar belakang potret menunjukkan cuaca yang baik dengan hijaunya pepohonan.

Kate Middleton dan Pangeran William melalui Kensington Palace mengunggah potret Pangeran George tepat di hari ulang tahunnya yang ke-6 tahun. (THE DUCHESS OF CAMBRIDGE / KENSINGTON PALACE / AFP)

Di potret ketiga mengabadikan Pangeran George tengah tertidur di atas rerumputan dengan tawa semringah. Masih memakai jersey timnas Inggris, tangan kanannya diluruskan ke samping, serta tangan kirinya berada di bagian dada.

Pemilik nama lengkap Prince George of Cambridge ini mendapatkan deretan ucapan ulang tahun yang disampaikan melalui kolom komentar unggahan Kensington Palace.

"Selamat ulang tahun Pangeran George," tulis akun kellyannsomer. "Lihatlah senyum manis itu," tulis akun reesemathiew. "Sungguh lucu. Selamat ulang tahun, manis," ucap akun dicapclau.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perceraian Song Hye Kyo dan Song Joong Ki Disahkan Pengadilan

Posted: 21 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengadilan keluarga Seoul resmi mengesahkan perceraian pasangan Song Hye Kyo dan Song Joong Ki. Proses perceraian keduanya berjalan kurang dari 1 bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Panggil Ahli dari AS Atasi Gelembung Gas di Blok Migas ONWJ

Posted: 21 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Perero) berupaya maksimal dalam penanganan dampak munculnya gelembung gas di sumur migas lepas Pantai YYA-1, area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, penanganan dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak yang kredibel, kompten dan memiliki pengalaman yang baik dalam menangani masalah sama. Salah satunya adalah Boot & Coots, perusahaan asal US yang telah memiliki proven experience dalam menyelesaikan peristiwa di Gulf Mecixo.

 

"Seluruh upaya tersebut sebagai komitmen dan keseriusan Pertamina dalam mengatasi peristiwa di sumur migas lepas pantau tersebut baik dari aspek operasional maupun lingkungan hidup," kata Fajriyah, di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Dia melanjutkan, Untuk penanganan risiko pencemaran lingkungan, Pertamina group telah memobilisasi 27 kapal dan 12 set alat penyedot minyak (Oil Boom). Selain itu, untuk menjaga agar tidak ada aktifitas nelayan di sekitar lokasi, Pertamina dan PHE ONWJ bekerja sama dengan TNI AL, Satpolairud, dan Pokwasmas, mengerahkan 7 unit kapal Patroli.

"Prioritas utama adalah memastikan keselamatan tim dan masyarakat, serta menyelesaikan permasalahan lingkungan di sekitar lokasi," ujar Fajriyah.

 

Koordinasi dengan Pihak Terkait

Blok ONWJ oleh PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (Dok Foto: PHE ONWJ)

Fajriyah menjelaskan, Pertamina dan PHE ONWJ juga terus melakukan komunikasi dan koordinasi yang intensif dengan berbagai pihak seperti Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian LHK, Pemerintah Daerah, Dinas Lingkungan Hidup Daerah, TNI dan Kepolisian, Ditjen Perhubungan Laut, KSOP, KKP, Pushidros AL, KKKS dan berbagai instansi lainnya. Bahkan beberapa pihak tersebut juga telah melakukan peninjauan untuk memonitor situasi terkini.

"Pertamina mengucapkan terima kasih atas dukungan positif yang diberikan dari semua pihak, baik dari komunitas industri migas, pemerintah maupun masyarakat. Dukungan ini memperkuat upaya maksimal kita sehingga dapat memperkecil dampak peristiwa ini bagi operasi perusahaan maupun masyarakat dan lingkungan," kata Fajriyah.

Sebelumnya, Pertamina telah menyampaikan bahwa dari sejak awal peristiwa langsung menjalankan emergency response, sehingga semua pekerja yang berada di anjungan tersebut langsung dievakuasi. Di waktu yang sama, juga melakukan isolasi dan pengamanan area sekitar anjungan dengan kapal patroli untuk mencegah nelayan dan masyarakat mendekat.

Selain penanganan operasi, Pertamina melalui Emergency Response Tim PHE ONWJ selama 24 jam tanpa henti telah melakukan langkah penyelamatan lingkungan dari oil spill dengan pengerahan sekitar 27 kapal dan berbagai peralatan yang mendukung seperti oil boom dan puluhan drum dispersant. Bahkan bersama dengan warga Desa Sedari, Karawang, Jawa Barat melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Sedari.

"Pertamina terus memantau perkembangannya dan melakukan tindakan penyelamatan lingkungan sesuai dengan kondisi di lapangan," tandasnya.

Upaya Pertamina Atasi Gelembung Gas di Blok Migas ONWJ

Pekerja Pertamina Hulu Energi (PHE) menggunakan hak suara melalui Pemilu 17 April 2019. Dok PHE

PT Pertamina (Persero) mengklaim telah mengerahkan sumber daya terbaiknya, untuk penanganan peristiwa yang terjadi di sekitar anjungan Lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, setelah sebelumnya mengirimkan tim tanggap darurat untuk menangani gelembung gas di sekitar Sumur YYA-1 Blok ONWJ, pengerahan tim penanggulangan dilanjutkan dengan pengerahan sebanyak tujuh tim ahli yang berasal dari berbagai sektor.

Tim tersebut dilengkapi dengan lebih dari 20 kapal dan berbagai peralatan yang mendukung, seperti alat penangkap Minyak (oil boom) dan puluhan drum dispersant.

"Kami terus melakukan upaya terbaik untuk penanganan di lokasi dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan. Kami terus berkordinasi dengan pihak terkait seperti SKK Migas, Ditjen Migas, KLHK, KKKS serta pihak lainnya," kata Fajriyah, di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Lokasi anjungan terletak sekitar 2 km dari pantai Utara Jawa, Karawang, Jawa Barat. PHE ONWJ telah mengaktifkan Incident Management Team (IMT) untuk menanggulangi kejadian tersebut.

Prioritas utama yang juga telah dilakukan adalah memastikan keselamatan karyawan yang bekerja sebagai bagian dari team emergency response, masyarakat dan lingkungan sekitar, dan memastikan isolasi serta pengamanan di sekitar lokasi kejadian.

"Pertamina terus melakukan upaya maksimal untuk penanganan peristiwa ini, meskipun skala lapangan YY jauh lebih kecil dibandingkan lapangan dimana insiden pernah terjadi di tempat lain seperti di lapangan Macondo, Gulf of Mexico," tandasnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Kesalahan yang Bikin Tempatmu Cepat Kotor

Posted: 21 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk membuat rumah selalu nyaman dan sehat kita tentu harus menjaga kebersihannya. Sayangnya tanpa disadari justru banyak dari kita yang membersihkan lingkungan dengan cara yang salah.

Bukannya bersih, hal tersebut justru buat lingkungan menjadi tambah kotor. Artikel tentang deretan kesalahan yang bikin tempat kalian justru cepat kotor menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel deretan cara mudah hilangkan noda kopi membandel di cangkir kopi.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang cara kreatif seniman ubas kemasan bekas makanan menjadi karya memukau. 

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bukannya Bersih, 9 Kesalahan Ini Bisa Bikin Tempatmu Makin Kotor

(Foto: iStock) Ilustrasi sikat toilet.

Menjaga kebersihan memang bisa membuat nyaman dan terhindar dari penyakit. Banyak cara membersihkan benda di lingkungan kita. Tentu kita perlu membersihkan berbagai hal dengan cara yang tepat, bukan?

Namun ternyata, ada beberapa kesalahan membersihkan yang mungkin pernah dilakukan segelintir orang. Bukannya menjadi bersih, hal ini malah bisa membuat menyebarnya bakteri dan kotor.

Selengkapnya…

2. Cara Mudah Hilangkan Noda Kopi Membandel di Cangkir

Doc: Miaira Jennings via eHow

Memiliki noda kopi di cangkir kesayangan sudah tentu menyebalkan. Ini bisa merusak moodmu untuk menikmati kopi pagi yang nikmat. Untungnya, ada cara untuk menghilangkannya tanpa perlu waktu lama dan bahan yang mahal. Bahan-bahan yang kamu butuhkan sudah tersedia di rumah.

Selengkapnya… 

3. Kreatif, Seniman Ubah Kemasan Bekas Makanan Jadi Karya Memukau

Sumber: Twitter @02ESyRaez4VhR2l (akun pribadi Haruki)

Apa yang biasanya kamu lakukan pada kemasan bekas makananmu? Membuangnya atau menyimpannya? Seniman ini menyulapnya menjadi karya seni. Seniman Jepang bernama Haruki berhasil mengubah kemasan bekas makanan menjadi berbagai karya seni. Seni itu disebut kirigami. Seni tradisional Jepang itu meliputi memotong kertas dan menyusunnya.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permohonan Rehabilitasi Jamal 'Preman Pensiun' Usai Tertangkap Tangan Nyabu

Posted: 21 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Kuasa hukum artis Zulfikar alias Jamal yang berperan di sinetron Preman Pensiun mengajukan rehabilitasi atas kasus dugaan narkoba yang menjerat kliennya. Pengajuan rehabilitasi diungkapkan Hengky Solihin selaku pengacara Zulfikar.

"Atas nama kuasa hukum, saya akan mengajukan permohonan rehabilitasi. Besok, disampaikan ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat," kata Hengky, Minggu (21/7/2019).

Meski mengajukan rehabilitasi, Hengky mengatakan, bahwa kliennya tetap menghormati segala proses hukum yang dijalankan aparat kepolisian.

Hengky menyebutkan, sejak tertangkap Sabtu (20/7/2019) dini hari, pihaknya mendampingi kliennya Zulfikar selama menjalani pemeriksaan polisi.

"Dalam pemeriksaan itu ada barang bukti cangklong dan ada sisa bekas pakai, itu saja. Kasusnya penyalahgunaan narkotika jenis sabu," kata Hengky.

Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu narkoba.

Pecandu Narkotika dan korban penyalahgunaan Narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Hal ini diperjelas dalam Pasal 3 ayat (1) Peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional Nomor 11 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penanganan Tersangka dan/atau Terdakwa Pecandu Narkotika dan Korban Penyalahgunaan Narkotika ke Dalam Lembaga Rehabilitasi (Peraturan BNN 11/2014) yang mengatur bahwa Pecandu Narkotika dan Korban Penyalahgunaan Narkotika yang tanpa hak dan melawan hukum sebagai Tersangka dan/atau Terdakwa dalam penyalahgunaan Narkotika yang sedang menjalani proses penyidikan, penuntutan, dan persidangan di pengadilan diberikan pengobatan, perawatan dan pemulihan dalam lembaga rehabilitasi.

Adapun persyaratan rehabilitasi yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) tahun 2018, terdapat dua sistem untuk mendapatkan rehabilitasi.

Ada dua hal yang diperhatikan dalam Surat Edaran Nomor SE/01/II/Bareskrim pada 15 Februari 2018 tersebut.

Pertama, rehabilitasi bisa dilakukan jika pemakai narkotika tidak tangkap tangan atau secara sukarela. Kedua, jika kedapatan saat tangkap tangan, pemakai atau korban penyalahgunaan narkotika tidak membawa narkoba atau dalam jumlah tertentu.

Status Jamal hanya Pengguna

Hengky Solihin resmi menjadi kuasa hukum Zulfikar atau yang dikenal sebagai Jamal dalam sinetron Preman Pensiun atas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika. (Istimewa)

Dalam kasus ini, Hengky menyebut status kliennya adalah seorang pengguna.

"Hanya pengguna. Dia ya mungkin lah banyak pikiran atau bagaimana," kata Hengky.

Menurutnya, Jamal belum lama menggunakan sabu seperti saat ditangkap pada Sabtu dini hari lalu. Jamal pun tidak terkait pada oknum jaringan pengedar narkoba.

"Kayaknya tidak begitu (lama). Dia hanya sebatas korban," ujarnya.

Sebelumnya, Zulfikar atau yang akrab Jamal Preman Pensiun diamankan polisi di Apartemen Gateway, Kota Bandung, Sabtu (20/7) dini hari sekitar pukul 01.15 WIB.

Polisi mendatangi apartemen tersebut karena mendapat laporan masyarakat terkait penyalahgunaan narkotika. Saat digeledah, ternyata memang ada Zulfikar.

Zulfikar ditangkap bersama sejumlah barang bukti yang diduga digunakannya untuk menggunakan barang terlarang tersebut.

"Barang bukti satu buah alat hisap bong berikut cangklong yang di dalamnya masih berisi sabu, serta korek dengan terpasang sumbu," kata Kasatresnarkoba Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Irfan Nurmansyah.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: