Senin, 22 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


2 Helikopter Water Bombing Bantu Padamkan Kebakaran Hutan di Kalteng

Posted: 22 Jul 2019 10:55 PM PDT

Fokus, Jakarta Untuk membantu memadamkan api yang membakar lahan dan hutan, BNPB Kalimantan Tengah mendatangkan dua helikopter water bombing.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (23/7/2019), asap tebal masih terus menghantui di sebagian wilayah Kalimantan Tengah akibat maraknya kebakaran hutan dan lahan.  

Oleh karena itu, BNPB Kalimantan Tengah mengerahkan dua unit helikopter water bombing. Helikopter tersebut akan digunakan untuk membantu memadamkan kebakaran pada titik yang tidak bisa dijangkau melalui jalur darat.  

Diharapkan dengan metode water bombing, kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah tertanggulangi dan bencana kabut asap seperti tahun 2015 tidak kembali berulang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi III DPR: Tidak Ada Halangan Pemberian Amnesti Baiq Nuril

Posted: 22 Jul 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR dijadwalkan menggelar rapat membahas surat permohonan amnesti terpidana kasus pelanggaran UU ITE sekaligus korban pelecehan seksual, Baiq Nuril Maknun hari ini, Selasa (23/7/2019).

Anggota Komisi III dari Fraksi PKS, Nasir Djamil mengatakan, DPR tidak memiliki halangan untuk memberikan amnesti kepada Baiq Nuril.

"DPR tidak ada halangan pemberian amnesti tersebut, ‎karena DPR sudah dari awal (setuju) presiden memberikan amnesti," kata Nasir di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Ranik mengatakan, pihaknya belum mengetahui bagaimana sikap 10 fraksi di DPR terkait amnesti Baiq Nuril. Alasannya, pandangan fraksi baru akan didengar saat rapat hari ini.

"Surat baru dibawa masuk ke Komisi III baru dibahas, kejaksaan saja enggak cepat-cepat mengeksekusinya, kenapa kalian (wartawan) mau cepat-cepat," ucapnya.

Politikus Partai Demokrat ini juga belum bisa memastikan, apakah keputusan soal amnesti Baiq Nuril dari Komisi III akan diberikan hari ini.

"Belum tahu, baru saja surat dibaca. Baru mau mulai rapat pleno, Komisi III baru mengagendakan hari ini. Fraksi kan ada 10," kata Erma.

 

Telah Dibahas di Bamus DPR

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Anggota DPR Rieke Diah Pitaloka dan Terpidana kasus pelanggaran UU ITE, Baiq Nuril memberikan keterangan pers hasil Badan Musyawarah DPR di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2019). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, surat pertimbangan permohonan pemberian amnesti kepada Baiq Nuril telah dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto yang memimpin rapat menyatakan, keputusan dalam rapat Bamus adalah pembahasan surat pertimbangan pemberian amnesti kepada Baiq Nuril diserahkan kepada Komisi III.

"Saya sendiri memimpin rapat Bamus untuk membahas masalah usulan Bapak Presiden, Bapak Jokowi untuk membahas surat permohonan amnesti dari Ibu Nuril Baiq yang selanjutnya dalam rapat Bamus tadi diputuskan bahwa ini akan dibahas di Komisi III," kata Agus di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa 16 Juli lalu.

Agus mengaku sudah menandatangani surat keputusan Bamus yang menyerahkan pembahasannya ke Komisi III. Dia berharap Komisi III sudah mendapat keputusan terkait surat tersebut sebelum penutupan masa sidang V ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta BMKG Tegas Larang Pembangunan Infrastruktur di Zona Merah Bencana

Posted: 22 Jul 2019 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bertindak tegas melarang pembagunan sejumlah infrastrurtur di zona merah bencana. Menurut dia, BMKG dan pemda harus kompak memberikan informasi terkait pembangunan di wilayah-wilayah rawan bencana alam.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan pembukaan Rakernas BMKG di Istana Negara Jakarta, Selasa (23/7/2019).

"Tolong beritahukan apa adanya supaya setiap pembangunan juga mengacu. Kalau daerah-daerah rawan bencana ya tolong diberitahukan sampaikan ke daerah. Ini rawan gempa, lokasi ini rawan banjir. Jangan dibangun bandara, jangan dibangun bendungan, jangan dibangun perumahan," jelas Jokowi.

Menurut dia, hal tersebut harus tegas disampaikan sehingga tak terjadi kesalahan-kesalahan yang sama saat bencana tiba. Jokowi mengatakan jangan sampai daerah-daerah rawan bencana dibangun pemukiman warga.

"Tegas sampaikan. Jangan sampai kita mengulang sebuah kesalahan yang jelas-jelas di situ jelas garisnya lempengan tektonik, kok dibangun perumahan besar-besaran," ucapnya.

"Sampaikan apa adanya. Bahwa ini tidak boleh, ini lokasi ini merah. Harus berani menyampaikan itu kepada pemerintah daerah baik kepada Gubernur dan Wali Kota," sambung Jokowi.

Edukasi Masyarakat

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar BMKG memberikan edukasi secara insentif kepada masyarakat terkait daerah rawan bencana alam. Dia menjelaskan bahwa penyampaikan edukasi tersebut bukanlah untuk meresehkan masyarakat.

"Bukan meresahkan. Sampaikan dan tindakan apa yang akan kita lakukan. Itu edukasi, memberikan pembelajaran kepada masyarakat," tutur Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta masyarakat ikut menjaga alat pendeteksi bencana. Dia tak ingin alat-alat inovasi BMKG itu dicuri semata untuk kepentingan pribadi.

"Kejadian-kejadian seperti itu dititipkan saja lah kepada aparat keamanan setempat, bahwa ini adalah barang yang sangat penting untuk memantau kerawanan bencana, baik itu longsor, baik itu gempa bumi, sehingga semua ikut menjaga rakyat ikut menjaga, aparat kita juga ikut menjaga," tegasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Terbaru Kimmy Jayanti, Kembali Langsing Setelah 12 Hari Melahirkan

Posted: 22 Jul 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar membahagiakan datang dari keluarga kecil dari Kimmy Jayanti. Pasalnya, pasangan Kimmy Jayanti dan juga Greg Nwokolo baru menjalani kehidupan sebagai orang tua selama kurang lebih dua minggu. Kimmy Jayanti memang baru melahirkan putri pertamanya yang diberi nama Kimberly Akira Gregory.

Model sekaligus presenter Kimmy Jayanti beberapa kali mengunggah kebersamaannya dengan sang putri dalam akun Instagram pribadinya @kimmyjayanti. Meski sering mengunggah foto bersama dengan sang putri, baru-baru ini netizen justru dibuat salah fokus dengan postur tubuh Kimmy setelah melahirkan.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @kimmyjayanti, Selasa (23/7/2019), Kimmy Jayanti mengunggah foto dirinya tengah berpose di depan mobil dengan menggunakan busana serba merah. Dalam unggahan tersebut, tubuh Kimmy Jayanti pun terlihat langsing meski baru melahirkan.

Tetap terlihat kece

Dalam unggahan foto dari akun Instagramnya hari ini, Kimmy Jayanti menuliskan ia memberikan ASI eksklusif kepada putri tercintanya. Meski terlihat langsing, nyatanya saat ini berat badan Kimmy Jayanti adalah 70 kg.

Netizen pun menganggap jika penampilan dari Kimmy Jayanti tetap memukau. Tak sedikit pula netizen yang merasa iri dengan penampilan terbaru dari Kimmy Jayanti pascamelahirkan. Dalam keterangan foto tersebut, Kimmy Jayanti juga meminta untuk tidak membahas berat badan ketika kamu mendapatkan hadiah terindah dari Tuhan.

Reaksi netizen

Unggahan foto dari Kimmy Jayanti tentu saja mendapatkan reaksi beragam dari netizen. Namun, banyak pula yang tak menyangka jika penampilan Kimmy dengan pakaian yang cukup ketat tersebut diambil setelah 12 hari setelah melahirkan. Tak sedikit pula yang menganggap jika penampilan dari Kimmy Jayanti termasuk dalam body goal setelah melahirkan.

"Tetep kece, gimana dooong aku suka," tulis akun @raradendra.

"70 kg masih kaya gini bentuknya ... Iri aq tuh .." ujar @cicimey24.

"Tetap cantik madree..Selalu bagikan kebahagiakan.." tulis @syahooo.

"Gilaaaaak sih kak kim body nya bisa keren gt ...sebelum hamil..hamil..lalu setelah melahirkan..ttp body GOALS," ujar akun@elsha_dirga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Duit Tak Bikin Konsumen Setia

Posted: 22 Jul 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menanggapi fenomena bakar duit yang terjadi di industri digital seperti yang dilakukan oleh beberapa perusahaan e-commerce.

Mari Elka menilai, fenomena bakar duit pada dasarnya hal yang lumrah terjadi di era digital ekonomi. Namun, ada banyak pertimbangan lain yang menurutnya dinilai oleh masyarakat sebagai konsumen atau penikmat jasa e-commerce.

"Kalau platform ekonomi kan modelnya the more data yang dimiliki, maka lebih tinggi nilai dari platform itu, oleh karena itu terjadi competition untuk mendapatkan customer," tuturnya di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Sebab itu, Mari Elka menilai, masyarakat pasti turut mempertimbangkan seperti faktor keamanan pelayanan dari e-commerce dan kepercayaan terhadap platform e-commerce tertentu.

"Customer memang intinya melihat yang mana yang beneficial dari segi price tapi at the end of the day mereka juga akan menilai, oke meskipun beda Rp 10, mungkin saya akan bayar lebih mahal kalau service reliable atau lebih baik servisnya, jadi at the end of the day bukan hanya masalah price tapi masalah rating daripada trust level ke platform itu penting," ujarnya.

"Oleh karena itu, kepercayaan terhadap platform itu juga tidak kalah penting," tegasnya.

Dompet Digital Perang Diskon, Hanya Bakar Duit atau Edukasi Masyarakat?

Dua wanita menggunakan DANA, Dompet Digital Indonesia di Jakarta, Rabu(21/3). DANA, Dompet Digital Indonesia merupakan sebuah layanan dari perusahaan rintisan (start up) di bidang teknologi finansial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, keberadaan dompet digital semakin marak dengan munculnya berbagai produk dari dalam negeri. Dari fenomena ini, muncul istilah perang diskon antar pelaku usaha.

Chief Executive Officer (CEO) dompet digital DANA, Vincent Iswara, mengatakan bahwa perang diskon yang dilakukan di industri uang elektronik ini tidak semata-mata hanya buang uang. Namun ada misi yang cukup besar di belakangnya yaitu upaya untuk mengedukasi masyarakat mengenai dompet digital.

Vincent menjelaskan, upaya yang dilakukan DANA untuk memberikan edukasi ke masyarakat memang salah satunya melalui diskon atau potongan harga. Menurutnya, ini merupakan pemantik agar masyarakat berpindah dari transaksi tunai ke ke transaksi nontunai (cashless). 

"Selalu ada istilah bakar duit, kita itu sebenarnya ingin edukasi. Maka dari itu kita benar-benar berikan promosi, diskon, insentif, itu untuk mengajarkan ke masyarakat dulu mengenai dompet digital. Supaya kedepanya lebih sustanaible," tuturnya di Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Dia pun mengungkapkan, hadirnya dompet digital di dalam negeri memang bertujuan untuk mendorong semakin meningkatnya gerakan nasional non-tunai (GNNT).

Selain itu, hal tersebut juga sejalan dengan visi pemerintah Indonesia dalam meningkatkan inklusi keuangan RI di tahun-tahun mendatang.

"Jadi lebih ke edukasi. Promo Ini mempercepat edukasinya. Jadi bagaimana mereka berpindah ke nontunai. Ini market yang pasti berpindah," terang dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersengketa dengan Agensi, Lai Guanlin Alami Nasib Serupa Kang Daniel?

Posted: 22 Jul 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Lai Guanlin, atau Lai Kuanlin, kini sedang terlibat sengketa kontrak dengan agensi yang menaunginya, Cube Entertainment. Pelantun "I'm A Star" ini mengajukan pembatalan kontraknya kepada agensi besar tersebut pada 18 Juli 2019. Hal ini diikuti dengan permohonan penangguhan kontrak dengan agensinya di Pengadilan Seoul Pusat pada Senin (22/7/2019) kemarin.

Cube Entertainment sempat mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mantan member Wanna One ini tidak memiliki landasan atas tuntutannya ini. Namun hal ini kemudian dibantah oleh firma hukum Chaeum Attorneys At Law yang mewakili Lai Guanlin.

Dilansir dari Soompi, Selasa (23/7/2019), kuasa hukum Lai Guanlin mengutarakan alasan di balik keputusan ini. Cube Entertainment dituding telah menjual kontrak Lai Guanlin kepada pihak ketiga.

"Lai Guanlin meneken kontrak eksklusif dengan Cube pada 25 Juli 2017 dan beberapa bulan kemudian, pada Januari 2018, [Cube] menjual wewenang manajemen eksklusif Lai Guanlin ke perusahaan China Tajoy Entertainment, yang merupakan pihak ketiga, dan menerima uang jauh lebih besar ketimbang yang diberikan kepada Lai Guanlin," tutur sang kuasa hukum dalam pernyataannya.

Tak hanya itu, jual beli kontrak ini dilakukan tanpa sepengetahuan artis 17 tahun ini, maupun orangtuanya.

Pelanggaran Kontrak

Lai Guanlin (Instagram/ official_lai_kuanlin)

Lai Guanlin sendiri, baru menyadari keberadaan kontrak baru ini pada April 2019. Pada 21 Juni, ia mengajukan permintaan resmi kepada Cube agar pelanggaran kontrak ini dibatalkan. Namun, permintaan ini dihiraukan oleh pihak agensi.

Cube dituding justru mempublikasikan kabar pembatalan kontrak ini tanpa sepengetahuan Lai Guanlin.

"Mereka merusak citra Lai Guanlin di mata publik, dengan hanya membuka sebagian fakta lewat media tanpa menjelaskan isu ini pada [Guanlin] sendiri."

Kasus Serupa

Kang Daniel (Foto: Allkpop.com)

Perkara yang dihadapi Lai Guanlin ini, membuat sebagian publik teringat dengan sengketa hukum serupa yang dihadapi Kang Daniel beberapa bulan terakhir. Kontrak center Wanna One ini juga dijual kepada pihak ketiga oleh agensinya, LM Entertainment, tanpa seizin sang artis.

"Cube melakukan hal yang sama kepada guanlin seperti yang dilakukan kepada Daniel...Aku sangat marah, guanlin masih anak-anak, mereka bahkan tak meminta pendapat ayah guanlin," kata @supremejinhyuk.

"Wow, Cube benar-benar LM versi kedua," tutur @realdefdanielss.

Kang Daniel sendiri telah dua kali memenangkan kasus ini di persidangan. Namun, LM Entertainment kembali membawa sengketa ini ke pengadilan yang lebih tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angka Jemaah Haji yang Terpisah dari Rombongan Meningkat

Posted: 22 Jul 2019 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji perlahan lahan mulai berdatangan ke Tanah Suci. Selain itu, dalam kedatangan jemaah haji gelombang dua, jumlah jemaah di Mekkah semakin bertambah. Hal ini disebabkan pergerakan jemaah dari Madinah dan Jeddah semakin banyak.

Sambil menunggu waktu haji, jemaah haji Indonesia melaksanakan haji Tamattu yaitu jemaah haji menyelenggarakan umrah wajib terlebih dahulu di Masjidil Haram.

Dilansir dari keterangan tertulis P3JH (Petugas Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji) Kementerian Agama RI Daerah Kerja Mekkah, meski jumlah calon haji per kloter telah dibagi lagi berdasarkan rombongan-rombongan yang dipimpin kepala rombongan, tetapi jumlahnya masih terbilang banyak. Sehingga jemaah rawan ada yang terpisah dari rombongan.

Bedasarkan pantauan Tim P3JH bahwa telah tercatat adanya peningkatan angka calon haji yang terpisah dari rombongannya.

"Dalam beberapa hari terakhir rata-rata jamaah yang terpisah dari rombongan sebanyak 25 orang yang selanjutnya didampingi oleh Tim P3JH," terang dr Mahesa Paranadipa, wakil koordinator Tim P3JH yang saat ini bertugas di Mekkah.

Adapun alasan banyaknya calon haji yang terpisah dari rombongannya yaitu dikarenakan keletihan dan lupa pintu masuk saat mereka datang.

"Terpisahnya jemaah sebagian besar disebabkan keletihan saat tawaf atau sai sehingga tertinggal dari rombongan. Untuk di masjidil Nabawi biasanya jamaah lupa untuk kembali ke pintu masuk atau ke arah hotel" ungkap dr. Mahesa

dr. Mahesa juga mengimbau jemaah haji untuk tidak melupakan beberapa hal.

"Sangat disarankan para jemaah haji Indonesia untuk tidak melupakan hal-hal penting seperti gelang identitas,tanda pengenal lainnya, Kartu nomor Bis Shalawat dan nomor hotel, fotokopi visa. Jangan sungkan untuk bertanya ke petugas haji. Namun perhatikan tanda pengenal petugas haji untuk menghindari dari penipuan" tambah dr.Mahesa.

Kenali Petugas Haji Indonesia

Penampakan Petugas Jemaah Haji Indonesia. Dok Kemenag

Apabila calon haji yang terpisah dari rombongan, maka segeralah mencari Petugas haji Indonesia untuk meminta bantuan. Petugas haji Indonesia dapat dikenali seperti berikut.

Petugas haji Indonesia ditempatkan pada berbagai lokasi. Mulai dari bandara, hotel hingga beberapa lokasi di Kota Madinah dan Makkah. Petugas haji Indonesia juga dibekali dengan seragam, baju, rompi, topi, dan id card sebagai tanda pengenal.

Seragam petugas haji pada tahun ini didominasi warna putih untuk atasan dan hitam untuk bawahan dan penutup kepala. Setiap petugas memiliki informasi detail tentang nama lengkap, pada id card yang tergantung di leher. Pemerintah mengimbau para petugas ini, orang yang harus jemaah cari saat mendapatkan kesulitan di Tanah Suci.

 

Reporter : Nabila Bilqis

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Peran Strategis Pimpinan MPR yang Diperebutkan Parpol

Posted: 22 Jul 2019 10:32 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) melihat perebutan posisi ketua MPR oleh beberapa partai menandakan masih diperhitungkannya posisi lembaga tersebut.

Penelitian dalam Departemen Politik dan Hubungan Internasional CSIS, Arya Fernandes melihat ada tiga kewenangan vital MPR yang cukup menarik beberapa partai. Salah satunya seperti kemampuan MPR untuk mengamandemen UUD 1945.

"Ada tiga kewenangan MPR yang dalam UU, di antaranya dapat mengamandemen UUD '45, memutuskan untuk memberhentikan presiden dan wakil presiden dalam masa jabatannya (impeachment), dan memilih wakil presiden bila terjadi kekosongan wakil presiden dalam masa jabatannya," jelas Arya kala dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Tiga kemampuan itu, menurut dia, dapat mengubah arah perpolitikan Indonesia. Karenanya, kursi ketua MPR begitu vital bagi beberapa partai.

"Tiga kewenangan tersebut akan dapat mengubah arah politik dan untuk itu posisi MPR menjadi strategis," ungkap Arya.

Namun demikian, kata Arya, MPR tidak mudah untuk melakukan salah satu dari tiga kemampuan MPR itu. Misalnya saja pemakzulan, ada beberapa tahap yang mesti dilewati untuk melakukan hal itu.

Misalnya saja harus ada terlebih dahulu putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan bahwa presiden melanggar konstitusi. Lalu harus pula adanya usulan dari DPR ke MPR untuk memberhentikan presiden.

 

Motif Gerindra Incar Kursi Pimpinan MPR

Gedung DPR/MPR di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Terlebih lagi, kata Arya, sidang MPR untuk membahas pemakzulan tersebut mesti dihadiri oleh tiga per empat anggota MPR. "Sidang MPR terkait impeachmen harus dihadiri oleh 3/4 anggota MPR dan disetujui 2/3 dari yang hadir," jelas Arya.

Sedangkan, melihat Partai Gerindra yang berkeinginan menduduki kursi ketua MPR, Arya memandang bahwa hal itu dilandasi beberap motif, salah satunya ialah untuk mendapatkan publikasi politik. Publikasi politik ini, menurut Arya dibutuhkan Gerindra demi kepentingan elektoral 2024.

"Dengan memegang posisi MPR, tentu Gerindra akan dapat membuat brand politik baru," jelasnya.

Sebelumnya, Politikus Partai Gerindara, Andre Rosiade menegaskan bahwa partainya menginginkan kursi ketua MPR. Namun, kata Andre, hal itu tidak menjadikan syarat untuk partai rekonsiliasi dengan pihak Jokowi-Maruf.

"Sebagai partai yang mendapatkan suara terbanyak kedua ya, kita berharap mendapatkan kursi ketua MPR," kata Andre saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Ia juga mengungkapkan, pihaknya akan berkomunikasi dengan kubu Jokowi-Maruf untuk mendapatkan kursi ketua MPR. Ia juga menegaskan, tidak ada harga mati bagi partainya untuk menduduki kursi ketua MPR tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meldi Mengaku Haters Berkurang setelah Damai dengan Dewi Perssik

Posted: 22 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Rosa Meldianti dengan Dewi Perssik kini perlahan sudah mulai membaik. Tak ada lagi kabar perseteruan mereka berdua.

"Ya sudah biasa saja kemarin ketemu 40 harian Papi, itu saja sih," kata Rosa Meldianti saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).

Namun, gadis yang akrab disapa Meldi itu tak memungkiri hubungannya dengan Dewi Perssik tak sedekat dulu. Masih ada jarak di antara Rosa Meldianti dan Depe.

"Saat ketemu biasa saja, karena memang belum sedekat dulu," kata dia.

Bersyukur

Dewi Perssik (Adrian Putra/Fimela.com)

Namun, Meldi bersyukur di balik perdamaian dirinya dan sang tante dengan cara saling cabut laporan ke polisi, terdapat hikmah yang tak disangka.

"Alhamdulillah, haters sudah berkurang sih sekarang," ucap Meldi. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Piala Indonesia: Leg Kedua PSM Makassar vs Persija Jakarta

Posted: 22 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar ganti menjamu Persija Jakarta pada leg kedua final Piala Indonesia di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (28/7/2019). Juku Eja kalah 0-1 pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/7/2019).

Gol tunggal Macan Kemayoran dipersembahkan oleh Ryuji Utomo pada menit ke-88. Berkat satu kemenangan ini, Persija tinggal membutuhkan hasil imbang tanpa gol untuk menggenggam trofi Piala Indonesia.

Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos menyebutnya sebagai modal berharga untuk melawat ke kandang PSM, Stadion Andi Mattalatta, pekan depan.

"Kami sangat puas dengan kemenangan ini. Sejak awal pertandingan kami memang punya banyak peluang tapi tidak berhasil mencetak gol karena PSM bermain bertahan dan hanya mencari serangan balik," kata Banuelos, seperti dikutip dari situs resmi klub.

Sementara itu, PSM jelas butuh kemenangan minimal 2-0 untuk berpesta juara di markas sendiri. Gelar Piala Indonesia tampaknya bakal menjadi hiburan usai PSM gagal melaju ke babak selanjutnya di Piala AFC.

Berikut Jadwal Leg Kedua Final Piala Indonesia PSM Makassar vs Persija Jakarta:

Jadwal Final Piala Indonesia

Gelandang Persija Jakarta, Bruno Matos, berebut bola dengan gelandang PSM Makassar, Marc Klok pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Minggu 28 Juli 2019

15.30 WIB, PSM Makassar vs Persija Jakarta

Stadion Mattoangin, Makassar

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Kalahkan Alibaba dan Facebook di Daftar Top 500 Fortune Global 2019

Posted: 22 Jul 2019 10:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kini mendapatkan perhatian di Dunia. Setelah sebelumnya, empat BUMN masuk dalam daftar perusahaan public terbesar di dunia versi Forbes. Kini, PT Pertamina (Persero) menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar Top 500 Fortune Global 2019. 

Pertamina berhasil naik 78 peringkat dari posisinya tahun lalu yakni 253. Prestasi ini membuktikan bahwa perusahaan BUMN mampu menjadi perusahaan bergengsi dan disegani, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengatakan keberhasilan Pertamina masuk daftar Top 500 Fortune Global merupakan kerja nyata dari BUMN dalam melayani kebutuhan masyarakat. Hal ini juga menjadi bukti nyata kinerja BUMN diapresiasi dunia internasional.

"Saya ucapkan selamat untuk Pertamina masuk dalam daftar Top 500 Fortune Global. Ini merupakan hasil kerja keras dalam melayani masyarakat Indonesia dari kebutuhan di sektor energi dan membuktikan Pertamina mampu bersaing dengan perusahaan terbesar dunia," ujar Rini, Selasa (22/7/2019).

Dalam Fortune Global 500, Pertamina berhasil menduduki peringkat 175. Bahkan, Pertamina mengalahkan Alibaba Group yang berada di peringkat 182 dan Facebook di posisi 184.

Fortune Global 500, atau dikenal juga dengan Global 500, merupakan daftar tahunan yang memuat 500 perusahaan terbaik di seluruh dunia berdasarkan peringkat yang dirangkum dan diterbitkan oleh majalah Fortune selama 67 tahun berturut-turut. Perusahaan-perusahaan tersebut dinilai berdasarkan pendapatan dan laba bersih perusahaan di tahun fiskal sebelumnya.

 

Kinerja Pertamina

Pertamina prediksi kenaikan penyaluran avtur sekitar empat persen pada musim haji 2018 (Foto:Dok Pertamina)

Pada 2018, Pertamina membukukan pendapatan USD 57,933 miliar atau meningkat hingga 34,9 persen dari 2017. Untuk laba bersih, Pertamina berhasil meraup USD 2,526 miliar. Saat ini, perusahaan BUMN minyak dan gas memiliki aset mencapai USD 64,7 miliar dan 31.569 karyawan yang tersebar di seluruh dunia.

"Saya berharap Pertamina bisa masuk ke Top 100 Fortune Global. Untuk itu, dibutuhkan sinergi dengan perusahaan-perusahaan lain ataupun BUMN," kata Rini.

Sebanyak 500 perusahaan terbesar di dunia masuk daftar ini. Perusahaan yang tersebar di 34 negara ini membukukan pendapatan USD 32,7 triliun dengan laba USD 2,15 triliun AS pada 2018. Secara keseluruhan, 500 perusahaan ini memiliki 69,3 juta pekerja di seluruh dunia.

Pertamina Incar Produksi Minyak 23 Ribu Bph dari Sumur Aljazair

(Istimewa)

PT Pertamina Internasional EP (PIEP) mengincar minyak sebanyak 23 ribu barel per hari (Bph), dari produksi sumur minyak dan gas bumi (migas) di Aljazair.

President Director PT Pertamina Internasional EP Denie S Tampubolon mengatakan, produksi minyak dari sumur migas yang di kelola perusahaanya di Aljazair‎ ditargetkan naik 10 persen dari produksi tahun ini sebesar 20 ribu bph. Sehingga produksi minyak menjadi 23 ribu bph pada 2019.

‎"Naik 10 persen jadi, sekarang 20 ribu barrel per day, nanti 22-23 barrel oil per day," kata Denies, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/7/2019).

Danies mengungkapkan, untuk menunjang pencapaian target produksi minyak dari Aljazair, Pertamina merencanakan pengeboran sebanyak 20 sumur sampai 2020. Pengeboran yang dilakukan sejak tahun lalu, sudah terealisasi sebanyak tujuh sumur.

"‎ Sekarang sudah tujuh sumur sudah dibor, dan kami akan teruskan‎," ujarnya.

Menurut Danies, Pertamina Internasional EP saat ini sedang melakukan pengeboran sumur ke 10 dan 11 dalam waktu dekat. Untuk mendukung kesuksesan pencarian minyak tersebut, perusahaan akan menggunakan lumpur pemboran produk petrokimia Pertamina yaitu Smooth Fluid -05 (SF-05).

"10 dan 11 sebagainya ya, kita melanjutkan. Mengirim ini kan tidak bisa tiba-tiba ya. Kalau kita sih maunya dari awal banget sudah pakai ini, tapi ada proses pengadaan dan sebagainya. Jadi ini sebenarnya kita melanjutkan bukan baru memulai. Sumurnya melanjutkan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ajakan Hubungan Intim Ditolak, Pemuda Sebar Video Bugil Pacar

Posted: 22 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pemuda di Ponorogo, Jawa Timur tega menyebarkan video bugil pacarnya sendiri. Hal ini dilakukan sebagai balas dendam lantaran ajakan hubungan intim sebelumnya ditolak mentah-mentah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Situs Belajar Bahasa Inggris Online, Gratis dan Anti Ribet

Posted: 22 Jul 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bahasa Internasional, peran bahasa Inggris begitu penting untuk dipelajari. Bahkan sejak sekolah dasar, bahasa Inggris sudah masuk kurilulum pembelajaran. Belajar bahasa Inggris di sekolah mungkin belum cukup.

Banyak pilihan yang memungkinkan kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Tak hanya mengikuti kursus tatap muka, kini kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online. Menariknya, kamu bisa belajar gratis tanpa harus keluar banyak uang.

Ada ratusan situs untuk belajar bahasa Inggris yang dapat kamu coba. Situs-situs ini menawarkan berbagai kegiatan mulai dari latihan soal, materi tata bahasa, mendengarkan, dan berbicara dengan para native speaker. Situs ini juga memberi materi gratis seperti teks, video, gambar, permainan, dan interaksi.

Dengan bantuan situs-situs ini kamu dapat menentukan jadwal belajar tanpa menganggu aktivitas lain. Belajar bahasa Inggris jadi lebih mudah karena dapat diakses kapanpun dan di manapun. Berikut 5 situs belajar bahasa Inggris online, yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2019).

Duolingo.com

Duolingo (sumber: Duolingo.)

Duolingo merupakan situs web untuk belajar berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Inggris. Di sini kamu bisa belajar bahasa Inggris gratis, tidak ada biaya tersembunyi, tidak ada konten berbayar, semuanya gratis. Duolingo menawarkan cara belajar yang menyenangkan yang diukur sesuai kemampuan bahasa Inggrismu.

Duolingo dapat diakses menggunakan bahasa Indonesia yang memudahkan para pemula untuk belajar bahasa Inggris. Kamu juga bisa menentukan target belajar harianmu mulai dari santai (5 menit/hari) hingga gila (20 men/hari).

Duolingo dapat menganalisis bagaimana dalam waktu bersamaan jutaan orang belajar untuk menciptakan sistem pembelajaran yang paling efektif sekaligus menyesuaikannya untuk masing-masing individu.

Dengan metode pembelajaran seru, kamu bisa tetap termotivasi saat belajar secara online. Duolingo begitu menyenangkan sehingga orang jadi lebih suka mengasah keterampilan baru daripada bermain game.

FutureLearn

FutureLearn (sumber: FutureLearn)

Di FutureLearn kamu tak hanya sekadar belajar bahasa Inggris, di sini kamu juga bisa mendapatkan pengalaman sosial yang menyenangkan. FutureLearn menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan apa yang kamu pelajari dengan orang lain, membantumu membuat penemuan baru dan membentuk ide-ide baru.

Disini kamu bisa menjelajahi daftar kursus yang ditawarkan untuk menemukan sesuatu yang ingin kamu pelajari. FutureLearn memiliki pilihan kursus dalam berbagai topik. Kursus bervariasi panjangnya. Sebagian besar enam hingga sepuluh minggu, tetapi FutureLearn juga memiliki beberapa kursus dua dan tiga minggu yang lebih pendek.

LearnEnglish by British Council

LearnEnglish (sumber: British Council)

Kursus bahasa British Council sangat populer di seluruh dunia. Kamu bisa belajar bahasa Inggris gratis dengan cara menyenangkan dan profesional. LearnEnglish didukung oleh ratusan halaman audio, teks, konten video, dan lebih dari 2.000 latihan interaktif. Di situ ini kamu juga bisa menjadi anggota dan berkontribusi dalam proses pembelajaran seperti berinteraksi dengan pengguna lain.

LearnEnglish tak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa. Di sini tersedia pula layanan belajar bahasa Inggris untuk anak dengan permainan tata bahasa, lagu, cerita, video, dan berbagai kegiatan yang fokus pada pengembangan keterampilan keaksaraan. Tersedia pula layanan untuk remaja dengan praktik bahasa, kiat-kiat untuk ujian, dan membantu kemampuan tata bahasa dan kosakata.

Busuu.com

Busuu (sumber: Busuu)

Tak cuma sebagai situs belajar, Busuu adalah jejaring sosial terbesar di dunia untuk belajar bahasa. Busuu menyediakan kursus 12 bahasa di web dan perangkat seluler kepada lebih dari 90 juta peserta didik di seluruh dunia. Busuu menawarkan pelajaran gratis dan berbayar melalui paket premium.

Dalam versi gratis, kamu bisa belajar bahasa Inggris dasar seperti percakapan sehari-hari, mendiskusikan sesuatu hingga evaluasi belajar. Kursus-kursus bahasa di Busuu dirancang dengan saksama oleh tim pakar pendidikan internal Busuu yang bekerja keras untuk menemukan cara optimal mengajarkan bahasa.

Busuu juga memiliki komunitas dengan anggota lebih dari 90 juta orang. Di sini kamu dapat mempraktikkan keterampilan bahasa langsung dengan penutur asli dari seluruh dunia. Sebagai bagian kursus, kamu dapat mengirim latihan menulis kepada penutur asli bahasa yang kamu pelajari.

English Grammar

English Grammar (sumber: Make teach easier)

Grammar adalah pelajaran utama yang perlu dikuasai saat belajar bahasa Inggris. Grammar pastinya memiliki tempat khusus di hati pembelajar bahasa Inggris. English Grammar adalah salah satu sumber tata bahasa online terbaik.

English Grammar menawarkan bagian dari bidang tata bahasa, seperti preposisi, pengejaan, hingga penulisan. Yang terbaik adalah bahwa situs tersebut secara teratur diperbarui dengan hal-hal keren yang baru. Disini kamu bisa mengundug gratis soal latihan, rumus tenses, dan materi-materi bahasa Inggris penting lainnya.

Materi-materi yang disediakan selalu diperbarui setiap saat. Kamu juga bisa mengecek grammar secara online melalui kanal Grammar Checker. Tersedia pula latihan online yang dapat kamu gunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggrismu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibnu Jamil Kena Rayuan Nikita Mirzani

Posted: 22 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ibnu Jamil bertemu atlet idolanya, Cristiano Ronaldo, saat menghadiri International Champions Cup (ICC) 2019 di Singapura. Tak hanya bertatap muka langsung, ia juga mendapatkan tanda tangan dari sang idola.

Bahkan, Ibnu Jamil juga sempat mengabadikan momen saat menjadi suporter untuk Cristiano Ronaldo yang sempat berlaga di sana.

Kemeriahan ajang sepakbola antara dua klub sepakbola ternama Eropa ini terekam dalam tujuh foto yang diunggah Ibnu Jamil di akun Instagramnya. Duda satu anak ini hadir di acara tersebut sambil mengenakan kaus pink dan topi.

"Keseruan semua match International Champion Cup 2019 Singapore terekam semua di slide foto ini yang gak kuat jangan liat nanti iri @dianita_tiastuti," tulis Ibnu Jamil dalam keterangan fotonya, Senin (22 /7/2019).

 

Dipuji Nikita Mirzani

Ekspresi Nikita Mirzani saat difoto awak media di kawasan Jakarta, Selasa (27/3). Bahkan Nikita dikabarkan sudah cukup lama mengenal sosok Dipo meski baru menjalin hubungan dekat selama 7 bulan belakangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Unggahan mantan suami Ade Maya ini sempat dikomentari oleh sahabatnya, Nikita Mirzani. Ibu tiga anak ini bahkan menyanjung ketampanan Ibnu.

"Kamu manis bgt sih," komentar Nikita Mirzani.

Ibnu pun langsung membalas komentar Nikita.

"@nikitamirzanimawardi_17 kaya pare yekan," jawab Ibnu Jamil.

Bikin Heboh Medsos

Komentar Nikita Mirzani di unggahan foto Ibnu Jamil. (Instagram @ibnujamilo)

Sontak, komentar Nikita Mirzani pada foto Ibnu Jamil itu membuat jagat sosial media heboh. Apalagi, Ibnu dan Nikita sempat dikabarkan menjalin hubungan spesial meski kabar tersebut sudah dibantahnya.

"@nikitamirzanimawardi_17 awas naksir kak," tulis @andryfirmansyah10.

"@ibnujamilo gas bang, jangan lupa banyakin tog3," tulis @bayudwipr. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Malu Dibilang Cengeng, Ini 4 Manfaat Menangis Menurut Ahli

Posted: 22 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menangis dikenal sebagai suatu ungkapan emosional yang keluar secara alamiah. Aktivitas yang satu ini umumnya pernah dialami oleh setiap orang.

Menangis juga sering dikaitkan dengan perasaan sedih, marah, senang, atau tertawa geli. Banyak pula yang beranggapan bahwa kaum hawa akan jauh lebih mudah menitikkan air mata jika dibandingkan dengan pria.

Pasalnya, wanita identik dengan hati yang lembut sehingga lebih mudah tersentuh dan menangis apabila melihat sesuatu hal yang memicu emosinya.

Namun, di luar hal tersebut ada beberapa fakta seputar air mata. Salah satunya, menangis dianggap baik untuk kesehatan. Bukan hanya sekedar upaya melepas emosi belaka.

Berikut 4 manfaat menangis bagi kesehatan seperti dikutip dari laman Wonderslist, Jumat (6/10/2017):

 

1. Mengurangi Stres

Foto: iStock

Sudah bukan rahasia umum, jika menangis dapat membantu melepaskan luapan emosi.

Selain itu, ternyata menangis juga berperan untuk mengurangi rasa galau, stres, tekanan, serta meringankan beban pikiran.

Semakin kita menahan emosi, semakin besar pula kemungkinan untuk lepas kendali. Oleh sebab itu, untuk melepaskan rasa tersebut, tak ada salahnya jika mengekspresikannya dengan cara menangis.

Menurut ahli, sekitar 88,8 persen orang merasa lega setelah menangis. Sementara 8,4 persen lainnya merasa terpuruk.

 

2. Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Stres karena terjerat utang | foto : istimewa

Selain dapat mengurangi stres dan membantu seseorang terlepas dari beban pikiran, menangis juga dapat menurunkan tekanan darah dan denyut nadi bagi mereka yang mengalami kemarahan dan emosi tinggi.

Hormon stres akan mempercepat detak jantung seseorang, melebarkan pupil mata dan menyempitkan arteri. Sehingga hal ini akan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada seseorang.

Maka dari itu, selepas menangis tekanan darah seseorang akan kembali normal seperti sedia kala dan ternetralisasi dari tekanan darah.

 

3. Mengurangi Kegelisahan

Setiap orang pastinya pernah mengalami masa sulit. Namun, ketika sedang merasa cemas, Anda perlu menghindari enam hak berikut ini. (Foto: iStockphoto)

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 22 September 2015, menemukan bahwa satu dari lima orang berusia 18 hingga 34 tahun mengaku pernah menangis dalam seminggu -- sebelum penelitian dimulai.

Beberapa wanita bahkan mengaku cenderung bersembunyi di kamar mandi dan di tempat kerja karena merasa cemas.

Menangis dapat melepaskan emosi bawaan yang terkadang membuat kita merasa sangat cemas.

Menangis juga mampu mengurangi kecemasan dengan seketika, dan membuat perasaan jauh lebih baik serta siap menghadapi situasi di dunia nyata.

 

4. Mengembalikan Keseimbangan Emosional Anda

Ilustrasi berkendara emosi di jalan raya. (Insurance Journal)

Mengeluarkan air mata tak hanya sebagai gambaran kesedihan yang dialami oleh seseorang. Menangis ternyata juga menjadi luapan bahagia.

Banyak orang percaya, menangis akan dapat membantu seseorang memulihkan keseimbangan emosional yang kita butuhkan dalam menghadapi situasi sehari-hari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadirkan 16 Acara Seru, Catat Tanggal Festival Toboali City

Posted: 22 Jul 2019 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Bangka Belitung Festival Toboali City On Fire (TCOF) bakal kembali digelar pada 25 -28 Juli 2019. Rencananya, festival ini akan menyajikan beragam acara yang memukau. Tercatat ada 16 acara unggulan yang memadukan festival budaya, event pariwisata, dan sport tourism.

"TCOF menjadi festival yang bakal seru untuk disinggahi. Rangkaiannya sangat lengkap. Festival ini akan membawa wisatawan menyelami sisi lain keindahan Bangka Selatan. Apalagi TCOF pun telah masuk dalam 100 Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar)," kata Ketua Tim Kurator CoE Kemenpar, Don Kardono, Minggu (21/7).

Menjadi penyelenggaraannya yang keempat, TCOF akan dibuka pada Kamis (25/7) malam.

Pada hari pertama, (25/7), wisatawan bisa menyaksikan acara parade budaya, Toboali Photo Competition, serta pameran foto. Dan yang tentunya tak boleh terlewatkan adalah Ritual Adat Buang Jung berupa melepaskan perahu ke laut.

Di hari kedua wisatawan akan disuguhi acara menarik berupa Food Vlog Competition serta Toboali Expo 2019. Acara ini menjadi acara yang menarik untuk berburu berbagai produk ungulan dari Bangka Belitung.

Pelaksanaan acara di hari ketiga pun tak kalah menariknya. Untuk pencinta kuliner sudah disiapkan Toboali Food Street Festival. Ada juga Zumba Party untuk wisatawan pencinta sport tourism. Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang pun siap disuguhkan untuk memanjakan wisatawan di hari ketiga.

Acara pun makin heboh di hari keempat. Di hari terakhir ini akan dilaksanakan Famtrip, Ngalak Telok Serujo 2019, Fashion Carnival, dan malam puncak menampikan artis-artis ibukota.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management CoE Esthy Reko Astuty pun meyakini jika rangkaian yang disuguhkan TCOF season 4 ini akan maksimal. Festival ini akan membawa wisatawan semakin menikmati berwisata di Bangka Belitung. Apalagi deretan acara yang dihadirkannya sangat lengkap.

"Biar makin asik berwisatanya, silahkan cek jadwal acara yang telah disiapkan. Biar acara yang akan diikuti tidak terlewatkan. Karena yang ditawarkan di event ini sudah pasti akan berbeda dengan event-event lainnya. Silahkan sesuaikan jadwal Anda," kata wanita berkerudung itu.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati pun yakin jika TCOF Season 4 akan meriah. Apalagi Bangka Belitung telah didukung dengan aksesibilatas yang luar biasa. Ada Bandara Depati Amir yang telah disinggahi penerbangan dari berbagai kota di Indonesia.

"Amenitasnya pun tak perlu diragukan. Di mesin pencari Google saja sudah ada 191 hotel dan penginapan yang ada di Bangka. Dari mulai hotel berbintang sampai homestay. Jadi tak perlu bingung, wisatawan tinggal sesuaikan dengan bujet yang ada," kata Dessy.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, TCOF menjadi bukti keseriusan Bangka Belitung mengangkat sektor pariwisatanya. Dengan festival ini sektor pariwisata Bangka Belitung makin berakselerasi dengan cepat.

Menurut pria yang ahli marketing ini, potensi Bangka Belitung jelas menjadi perhatian siapapun yang berkunjung. Kecantikannya luar biasa. Hamparan pantai yang indah mampu membuat wisatawan terpesona. Terlebih keberadaan bebatuan granit raksasa membuat kawasan ini semakin eksotis. Begitu juga keberadaan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang juga memiliki pesona tersendiri.

"Siapa pun pasti terpukau dengan keindahan Bangka Belitung. Makanya festival ini jangan sampai terlewatkan. Dan jangan lupa mampir ke KEK Tanjung Kelayang biar makin seru liburannya," kata Menteri asal Banyuwangi itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Real Madrid vs Arsenal, Siaran Langsung Televisi

Posted: 22 Jul 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal akan menghadapi tantangan berat di ajang International Champions Cup (ICC) 2019 di Amerika Serikat. Mereka ditantang raksasa asal Spanyol, Real Madrid.

Arsenal sebelumnya tampil gemilang di ICC usai memetik dua kemenangan. The Gunners mengalahkan Bayern Munchen dan Fiorentina. Arsenal menang 2-1 atas Munchen, sedangkan lawan Fiorentina, The Gunners menang 3-0.

Di sisi lain, performa Real Madrid justru tak terlalu meyakinkan di ajang ICC. Sabtu (20/7) laga pertama, mereka sudah kalah 1-3 dari Munchen.

Namun, tentu tak ada jaminan Arsenal akan dengan mudah mengalakan Real Madrid. Bahkan, bukan tak mungkin laga ini dijadikan ajang kebangkitan oleh Los Galacticos.

Berikut jadwal Real Madrid vs Arsenal dan siaran langsung televisinya.

Jadwal Real Madrid vs Arsenal

24 Juli 2019

06.00 WIB, Real Madrid vs Arsenal

Stadion FedExField, Landover

Live TVRI

ICC 2019 - Real Madrid Vs Arsenal (Bola.com/Adreanus Titus)

Jadwal Pertandingn Lainnya

Rabu, 24 Juli 2019

08:00 WIB, Bayern Munchen vs AC Milan |  (Live TVRI)

08:00 WIB, Guadalajara vs Atletico Madrid | 

18:30 WIB, Juventus vs Inter Milan |  (Live TVRI)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Daya Tarik SPG Berkostum Koboi Penjual Sapi

Posted: 22 Jul 2019 10:16 PM PDT

Seorang Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi sedang bersolek di Mall Hewan Kurban, kawasan Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Strategi penjualan hewan kurban menggunakan SPG berbusana ala koboi ini dilakukan untuk menarik minat pembeli jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi sedang bersolek di Mall Hewan Kurban, kawasan Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Strategi penjualan hewan kurban menggunakan SPG berbusana ala koboi ini dilakukan untuk menarik minat pembeli jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi menunggu pembeli di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Untuk Idul Adha 2019, mall hewan kurban ini menjual sapi dari Rp14 juta per ekor yang terendah sampai Rp180 juta per ekor untuk sapi super. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi menunggu pembeli di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Untuk Idul Adha 2019, mall hewan kurban ini menjual sapi dari Rp14 juta per ekor yang terendah sampai Rp180 juta per ekor untuk sapi super. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memberi makan sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Untuk Idul Adha 2019, mall hewan kurban ini menjual sapi dari Rp14 juta per ekor yang terendah sampai harga Rp180 juta per ekor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memberi makan sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Untuk Idul Adha 2019, mall hewan kurban ini menjual sapi dari Rp14 juta per ekor yang terendah sampai harga Rp180 juta per ekor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memeriksa sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Strategi penjualan hewan kurban menggunakan SPG berbusana ala koboi ini dilakukan untuk menarik minat pembeli jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memeriksa sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Strategi penjualan hewan kurban menggunakan SPG berbusana ala koboi ini dilakukan untuk menarik minat pembeli jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi sedang bersolek di Mall Hewan Kurban, kawasan Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Strategi penjualan hewan kurban menggunakan SPG berbusana ala koboi ini dilakukan untuk menarik minat pembeli jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi sedang bersolek di Mall Hewan Kurban, kawasan Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Strategi penjualan hewan kurban menggunakan SPG berbusana ala koboi ini dilakukan untuk menarik minat pembeli jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memberi makan sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Untuk Idul Adha 2019, mall hewan kurban ini menjual sapi dari Rp14 juta per ekor yang terendah sampai harga Rp180 juta per ekor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memberi makan sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Untuk Idul Adha 2019, mall hewan kurban ini menjual sapi dari Rp14 juta per ekor yang terendah sampai harga Rp180 juta per ekor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memeriksa sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Strategi penjualan hewan kurban menggunakan SPG berbusana ala koboi ini dilakukan untuk menarik minat pembeli jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memeriksa sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Strategi penjualan hewan kurban menggunakan SPG berbusana ala koboi ini dilakukan untuk menarik minat pembeli jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memberi makan sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Untuk Idul Adha 2019, mall hewan kurban ini menjual sapi dari Rp14 juta per ekor yang terendah sampai harga Rp180 juta per ekor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi memberi makan sapi yang dijual di Mall Hewan Kurban, Kelapa Dua, Depok, Selasa (23/7/2019). Untuk Idul Adha 2019, mall hewan kurban ini menjual sapi dari Rp14 juta per ekor yang terendah sampai harga Rp180 juta per ekor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Investigasi Jatuhnya Pesawat Cessna di Indramayu

Posted: 22 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan pemantauan terhadap insiden kecelakaan pesawat latih dengan registrasi PK-WUG jenis Cessna 172 Skyhwak milik PT Angkasa Aviation Academy di Sungai Lamaran Tarum, Cimanuk , Indramayu, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan insiden yang dialami pesawat latih tersebut dengan PIC Arthur Arfa dengan kondisi selamat dan dalam perawatan Rumah Sakit sedangkan dan Co Pilot yang M Salman Al Farizi sampai saat ini masih dalam pencarian.

"Kami telah mendapatkan laporan, saat ini kami sedang melakukan koordinasi terkait insiden tersebut dan KNKT akan segera melakukan investigasi terhadap insiden kecelakaan ini " kata Polana di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Polana menambahkan, respon cepat telah dilakukan oleh stakeholder di antaranya Basarnas, dan kepolisian untuk segera melakukan evakuasi.

Diketahui, sebelum cessna jatuh, pesawat latih tersebut melakukan kontak pertama dengan tower Kertajati dengan posisi menuju Indramyu Area Indramayu pada pukul 07:17 UTC dan pada pukul 08:13 UTC Tower Kertajati mendapat informasi dari crew pesawat PK-WUJ bahwa PK-WUG telah mengalami insiden di area Indramayu.

 

Tingkatkan Keselamatan Penerbangan

Tim SAR Gabungan saat melakukan pencarian korban pesawat latih cessa 172 yang jatuh di sungai cimanuk Indramayu. Foto (Istimewa)

Dengan adanya insiden ini, Polana mengimbau kepada seluruh sekolah penerbangan di Indonesia untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan penerbangan.

"Dan juga kepada seluruh penyedia layanan jasa transportasi udara untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan penerbangan, sehingga mencegah terjadinya hal-hal yang beresiko," imbau Polana.

Pencarian Korban Pesawat Cessna yang Jatuh di Indramayu Dilanjutkan Pagi Ini

Tim SAR gabungan lanjutkan pencarian korban pesawat Cessna yang jatuh di Indramayu, Selasa (23/7/2019). (dok Basarnas)

Satu korban pesawat Cessna jatuh di Sungai Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat belum ditemukan. Korban itu adalah M Salman Alfarisi.

Tim SAR pun melanjutkan pencarian pria berusia 24 tahun itu Selasa (23/7/2019) pagi ini.

"Pencarian sesuai hasil briefing tadi malam, kami akan lanjutkan mulai pukul 07.30 WIB," kata Kepala Basarnas Jawa Barat Deden Ridwansyah saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa.

Salman merupakan satu dari dua siswa Angkasa Aviation Academy (AAA) Pilot School Cirebon yang menjadi awak pesawat Cessna jatuh tersebut.

Sementara rekannya, Arthur Arfa selamat. Pria 23 tahun itu kemudian dilarikan ke rumah Bhayangkara Indramayu untuk mendapat perawatan.

"Kondisinya masih syok," kata Deden soal korban pesawat Cessna yang jatuh tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lexus LM Kembaran Toyota Alphard Mengaspal Tahun Depan di Indonesia

Posted: 22 Jul 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lexus LM menampakkan diri di Shanghai Motor Show 2019 lalu. MPV premium Lexus ini dibangun menggunakan basis dari Toyota Alphard dan Vellfire.

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, model ini dibawa oleh pihak Lexus Indonesia. Meskipun demikian, Lexus Indonesia sudah memastikan diri akan mulai menjualnya tahun depan pada kuartal pertama.

Adrian Tirtadjaja selaku General Manager Lexus Indonesia mengaku sudah mendapat banyak pertanyaan dari konsumen. "Rencana produksinya sendiri tahun depan, kita maunya kuota (untuk Indonesia) bisa lebih banyak dibanding model lainnya. Yang pasti model ini akan menjadi model yang diperebutkan oleh konsumen dalam skala global nantinya," ungkap Adrian.

Lexus LM ini sendiri diakuinya menjadi incaran konsumen MPV premium. " Demand sudah pasti tinggi, mobil ini pasti akan datang kuartal pertama tahun depan, dan kita siap jual, " sambung Adrian.

Hanya saja, bagi konsumen yang ingin memesan Lexus LM dari sekarang harus bersabar terlebih dahulu, selain belum ada bocoran harga, rupanya Lexus Indonesia pun belum membuka keran pemesanan. "Yang sudah tanya banyak, tapi kita belum terima down payment," pungkas Adrian.

 

Lexus ES 250 Mengaspal di GIIAS 2019, Harga Rp1,1 Miliar

Lexus ES 250 di GIIAS 2019 (Amal/Liputan6.com)

Lexus kembali berpartisipasi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) untuk kelima kalinya. Pada kesempatan ini, Lexus meluncurkan varian terbaru dari keluarga ES, yaitu Lexus ES 250.

Kehadiran sedan ES 250 melengkapi varian sedan Lexus ES line up yang telah diluncurkan pada GIIAS 2018 lalu. ES 250 dilengkapi mesin 2,5 liter 4-silinder segaris yang menghasilkan tenaga 204 Tk dengan torsi puncak 243 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan. 

 

 
 

 

Jika dibandingkan dengan versi hybrid, yaitu ES 300h, ES 250 memiliki keunggulan dari segi torsi dan kecepatan puncak. Kecepatan puncak ES 250 adalah 210 kpj, sedangkan ES 300h adalah 180 kpj. Torsi ES 300h berada di angka 221 Nm (torsi mesin), sedangkan tenaga varian hybrid mencapai 215 Tk (kombinasi mesin dan motor elektrik).

ES 250 dilengkapi dengan 3 mode berkendara, yaitu Eco-Normal-Sport. Untuk menunjang keselamatan berkendara, mobil asal Jepang ini mengadopsi fitur kontrol traksi, Active Cornering Assist (ACA), Blind Spot Monitor, 10 airbags, dan fitur keselamatan lainnya.

Menyoal harga, Lexus ES 250 dibanderol Rp1,1 miliar on the road Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alex Landi Pamer Dada Bidang Saat Liburan di Bali

Posted: 22 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktor sekaligus model tampan asal Amerika, Alex Landi, baru-baru ini menyita perhatian warganet. Pria kelahiran New York tersebut memilih Bali sebagai tempatnya untuk berlibur.

Alex membagikan sejumlah potret dirinya saat berada di salah satu pulau eksotis di Indonesia ini. Lewat akun Instagram pribadinya, pemeran dokter Kim dalam serial Grey's Anatomy itu memamerkan tubuh atletisnya lewat foto yang diunggah pada Minggu, 21 Juli 2019.

"Jungle Book.(Buku Rimba)," tulis Alex pada fotonya tersebut.

Mendadak sontak warganet ramai mengomentari model berusia 27 tahun itu, yang tengah berada di halaman salah satu hotel mewah Bali menggunakan kemeja putih dan celana berwarna hitam. Sorot matanya yang tajam berpadu dengan dada bidang dan berotot menuai banyak komentar warganet.

"welcome to Indonesia @alexlandi, I wish you will get some new experiences.(Selamat datang di Indonesia @alexlandi, Saya berharap kamu mendapatkan beberapa pengalaman baru)," tulis seorang warganet.

"you're perfect.(kamu sempurna)," tulis warganet lainnya.

Pamer Dada Bidang

Alex Landi bersantai di Penginapan (dok.Instagram@alexlandi7https://www.instagram.com/p/B0D6xyQh1CK//Devita Nur Azizah

Pria kelahiran 28 September 1992 tersebut terlihat sangat menikmati liburannya di salah satu Resort & Spa di daerah Singaraja, Bali. Ia menikmati indahnya pemandangan pantai sambil meminum kopi.

Lewat unggahan lain, Alex sengaja tampil tanpa atasan saat bersantai di sofa tempatnya menginap di Pulau Dewata tersebut. Alex hanya mengenakan celana training lengkap dengan topi di kepalanya.

"Toy Story Night," tulisnya pada keterangan foto.

Alex juga mengunjungi salah satu tempat bersantai, yaitu Potato Head Beach Club. Tempat ini menjadi salah satu klub populer di Bali yang menawarkan panorama indah lautan biru serta pasir pantai yang putih.

Setelah beberapa hari berlibur di Bali, model berdarah Korea ini merasa rindu dengan hewan peliharaannya. Ia ternyata memiliki peliharaan anjing dengan bulu hitam yang memiliki tingkah lucu dan juga menggemaskan.(Devita Nur Azizah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejati Turun Tangan demi Kejar 'Riau Bebas Gelap Gulita' pada Akhir Tahun

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Hingga akhir tahun ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan semua desa di Riau bebas dari gelap pada malam hari. Instalasi dan jaringan listrik desa tengah dikejar pemasangannya dengan menggandeng Kejaksaan Tinggi Riau terkait pembebasan lahan.

Hingga pertengahan 2019, sudah ada 200 desa dialiri listrik berkat kerja sama pengawalan Kejati Riau dengan PLN. Dengan jumlah itu, tinggal 60 desa lagi yang masih gelap pada malam harinya.

Menurut Kepala Kejati Riau Uung Abdul Syakur, kerja sama dengan PLN ini dilakukan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun). Kerja sama sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu sejak PLN berkomitmen menerangi setiap desa dengan listrik.

"Untuk tahun ini, Datun paling populer, harapannya tahun ini teraliri listrik semua," kata Uung usai apel peringatan Hari Bhakti Adhyaksa di lapangan Kejati Riau, Senin pagi, 22 Juli 2019.

Tak hanya pembebasan lahan untuk jaringan listrik, Uung menyatakan Datun Kejati Riau juga mengawal sejumlah proyek infrastruktur nasional agar tidak menyimpang. Salah satunya adalah pengerjaan Tol Sumatra yang menghubungkan Kota Dumai dengan Pekanbaru.

Bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi Riau dan kontraktor tol dimaksud, Uung menyebut pembebasan lahan tengah disegerakan. Cara terbaik digunakan agar masyarakat yang lahannya digunakan membangun tol tidak dirugikan.

Pelibatan Kejati Riau dalam pembebasan lahan karena, Uung menyebut, permasalahan tanah ataupun lahan di Riau kurang terurus dengan baik sejak dulu. Adanya jaksa diharap bisa menyelesaikannya dengan baik tanpa ada gugatan pada kemudian hari.

"Harapannya tahun ini tol itu sudah selesai pembangunannya dan pembebasan lahannya," kata Uung.

Pulihkan Keuangan Negara

Kepala Kejati Riau Uung Abdul Syakur. (Liputan6.com/M Syukur)

Untuk keuangan negara sendiri, Kejati Riau mengklaim sudah mengantongi kurang lebih Rp24 miliar. Jumlah itu termasuk uang denda, uang pengganti ataupun rampasan dari sejumlah koruptor di Riau.

Uang itu tidak hanya diperoleh dari pengusutan kasus korupsi yang dilakukan Pidana Khusus, tapi ada juga peran Datun yang memulihkan keuangan negara. Pemulihan ini dilakukan dengan cara pendampingan lembaga negara yang digugat oleh swasta.

"Untuk Pidana Khusus, uang denda Rp1 miliar, uang pengganti Rp5,9 miliar, dan uang rampasan hampir Rp2,9 miliar," jelas Uung didampingi Asisten Intelijen Kejati Riau Sumurung Pandopatan Simaremare.

Uung menyebutkan, jumlah itu diperoleh dari 23 penyelidikan dan 18 penyidikan kasus korupsi oleh Kejati dan jajaran kejaksaan negeri di setiap kabupaten di Riau. Jumlah itu juga termasuk dari 31 penuntutan perkara dari Polri dan 28 penuntutan dari pihaknya.

Tahun ini, Uung menyebut Datun Kejati Riau juga turut menyelamatkan uang negara sebesar Rp697 juta, memulihkan keuangan negara Rp18,4 miliar lebih, dan uang pengganti Rp 25 juta.

"Selanjutnya melakukan Momerandum of Understanding dengan 298 pihak, surat kuasa khusus non-ligitasi 505 perkara dan surat kuasa khusus ligitasi 9 perkara," terang Uung.

Menurut Uung, semua kinerja itu dipersembahkan bagi masyarakat Riau, khususnya dalam memeriahkan hari ulang tahun kejaksaan yang dikenal dengan Hari Bakti Adhyaksa.

"Harapannya ke depan kinerja kejaksaan lebih baik lagi memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat," imbuh Uung.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meroket, Peringkat Pertamina Naik ke 175 di Top 500 Fortune Global 2019

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berhasil meroket di daftar Fortune Global 500. Tak main-main, posisi Pertamina naik hingga 75 peringkat ke posisi 175.

Ini adalah tahun ketujuh Pertamina di daftar Fortune. Pertamina memiliki 31.569 pegawai dan aset sebesar USD 64,7 miliar (Rp 904 triliun).

Fortune Global 500 mencatat revenue Pertamina bertambah hingga 34,9 persen menjadi 57,9 miliar atau Rp 808,8 triliun (USD 1 = Rp 13.969). Namun, laba Pertamina menurun tipis 0,5 persen menjadi USD 2,5 miliar (Rp 34,9 triliun).

Pertamina adalah satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang menembus daftar ini. Padahal, PT PLN (Persero) sebelumnya pernah masuk daftar bergengsi ini.

Pada posisi 175, Pertamina juga mengalahkan perusahaan bergengsi global seperti Alibaba (118) Facebook (184) milik Mark Zuckerberg, LG Electronics (185), China Merchants Bank (188), Korea Electric Power (193), Shandong Enegy Group (211) dan Morgan Stanley (218).

Saat ini, Pertamina dipimpin oleh Nicke Widyawati. Ia mulai menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina pada Agustus 2018 menggantikan Elia Massa Manik yang menjabat selama 13 bulan.

Pertamina Lepas 10 Persen Hak Kelola Blok Mahakam ke Pemda Kaltim

Lapangan Handil Blok Mahakam di Kutai Kartanegara Kaltim. (Abelda Gunawan/Liputan6.com)

 PT Pertamina Hulu Mahakam (PT PHM), mengalihkan 10 persen hak kelola (Participating Interest/PI) di Wilayah Kerja (WK) Mahakam (Blok Mahakam) kepada PT Migas Mandiri Pratama Kutai Mahakam (PT MMPKM) yang ditunjuk mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara.

Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Dharmawan H Samsu mengatakan, PT PHM melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan meminta persetujuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas pengalihan PI 10 persen tersebut. Seperti yang disyaratkan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10 persen pada WK Minyak dan Gas Bumi. 

"PT MMPKM akan efektif menjadi pemegang PI 10 persen setelah diperolehnya persetujuan dari Menteri ESDM," kata Dharmawan, di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

PT PHM secara resmi menawarkan 10 persen PI di Blok Mahakam kepada PT MMPKT mewakili Pemprov Kalimantan Timur. Atas penawaran tersebut, pada 15 Maret 2018 PT MMPKT secara resmi menyatakan minat dan kesangggupannya atas penawaran PI 10 persen, sekaligus menunjuk PT MMPKM sebagai Perusahaan Perseroan Daerah yang akan menjadi pemegang dan pengelola PI 10 persen di Blok Mahakam.

"Pada 19 September 2018, kedua pihak menandangani Pokok-Pokok Kesepakatan (Head of Agreement/HOA) Rencana Pengalihan 10 persen PI Blok Mahakam bertempat di Kantor Gubernur Kalimantan Timur di Samarinda yang menjadi dasar bagi terbentuknya perjanjian pengalihan PI 10 persen ini," tuturnya.

Menurutnya, pengalihan 10 persen PI ini tidak mempengaruhi kedudukan PT PHM selaku operator bagi seluruh kegiatan operasi migas pada Blok Mahakam. Sejak tanggal efektif pengalihan 10 persen PI ini, PT PHM akan menanggung terlebih dahulu pembiayaan atas kewajiban PT MMPKM di WK Mahakam yang wajib dikembalikan oleh PT MMPKM kepada PT PHM dalam jumlah yang setara tanpa dikenakan bunga yang diambil atau dipotong dari hak bagi hasil produksi yang menjadi bagiannya. 

Hak Kelola Tak Boleh Dijual

Lapangan Handil Blok Mahakam di Kutai Kartanegara Kaltim. (Abelda Gunawan/Liputan6.com)

Dia melanjutkan, selama berlakunya KBH Mahakam, PT MMPKM tidak boleh menjual, mengalihkan, memindahtangankan atau melepaskan seluruh atau sebagian PI 10 persen ke pihak manapun atau mengambil langkah korporasi yang menyebabkan terjadinya perubahan pemilikan saham dalam PT MMPKM.

PT PHM memandang, pengalihan 10 persen PI ini akan semakin mendukung terciptanya kondisi yang kondusif untuk pelaksanaan operasi migas di Blok Mahakam. PT PHM dan PT MMPKM pun akan berkolaborasi dalam berbagai proses penerbitan atau perpanjangan perizinan ke Pemerintah Daerah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku untuk memastikan keberhasilan operasi migas di WK Mahakam ini.

"PT PHM percaya bahwa pengalihan 10 persen PI kepada PT MMPKM ini dapat memberikan nilai tambah dan manfaat keberadaan operasi migas di Blok Mahakam yang lebih besar, kepada seluruh pemangku kepentingan terutama masyarakat maupun Pemerintah Daerah di Kalimantan Timur," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Anak Nasional, Menteri Yohana Semangati Anak-Anak agar Rajin Belajar

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise memberikan ucapan selamat Hari Anak Nasional kepada anak-anak Indonesia. Yohana berpesan agar anak-anak Indonesia bisa memanfaatkan waktu dengan hal-hal positif.

Aneka kegiatan positif bisa dilakukan anak-anak, termasuk salah satunya semangat belajar agar nanti saat besar bisa meraih cita-cita. Lalu, wanita yang karib disapa Mama Yo ini juga mengingatkan agar anak-anak membatasi bermain gawai.

"Jangan berdiam dengan gawai saja di kamar. Mama Yo dulu tidak pernah menggunakan gawai, sekarang bisa menjadi profesor," katanya Puncak Hari Anak Nasional yang digelar di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan seperti dikutip Antara, Selasa (23/7/2019).

Di kesempatan itu hadir juga Menteri Tenaga Kerja, Pelayanan Sosial, dan Keluarga Turki Zehra Zumrut Selcuk. Tak ketinggalan ia juga memberi ucapan Selamat Hari Anak Nasional kepada para pengunjung.

"Anak-anak adalah masa depan kita. Kita perlu mempersiapkan dan mendidik anak-anak kita. Sebagai pemerintah kita harus memajukan anak karena mereka adalah tujuan kita," kata Selcuk dalam sambutannya.

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidup Rukun, Tempat Ibadah Beda Agama Ini Dibangun Bersandingan di Surabaya

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komplek perumahan di Surabaya, Jawa Timur, ini menarik perhatian publik akhir-akhir ini. Hal tersebut lantaran enam tempat ibadah agama dibangun berdampingan di satu kompleks perumahan.

Ketua Forum Komunikasi Antar Rumah Ibadah, Indra Prasetyo, menuturkan saat tinggal di komplek perumahan Royal Residence, Wiyung, Surabaya Barat, sekitar 2010 belum ada tempat ibadah. Kalau ibadah pergi ke luar komplek perumahan. Kemudian pada 2014, Indra menuturkan, masyarakat mengajukan kepada manajemen untuk membangun rumah ibadah.

"Selanjutnya beriring waktu beli kavling untuk dibangun rumah ibadah. Manajemen memberi lahan. Kami warga berkumpul kemudian sepakat untuk membangun enam rumah ibadah dari masing-masing agama, kebetulan ,"ujar Indra saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (23/7/2019).

Ia menuturkan, tempat ibadah tersebut berasal dari enam agama, yakni masjid, wihara, pura, kelenteng, gereja bagi umat Kristen Protestan dan Katolik. Kemudian sepakat dibangun berjajar dan berjarak hanya tiga meter. Waktu pembangunan rumah ibadah itu pun berbeda-beda.

"Ada yang mulai dibangun 2016, 2017, dan 2018, jadi tidak sama. Harapannya 2019 semua sudah (beres-red)," kata dia.

Indra menambahkan, biaya pembangunan tempat ibadah tersebut memiliki masing-masing panitia pembangunan. Panitia tersebut mencari sumbangan, baik dari warga, komunitas dan pemerintah.

Kemudian warga komplek perumahan di daerah Wiyung, Surabaya juga sepakat untuk membangun Forum Komunikasi Antar Umat Ibadah (FKRI). Indra pun ditunjuk sebagai Ketua FKRI.

"Forum ini sebagai silaturami. Jadi misalkan kalau ada acara maulid bisa disampaikan ke forum, nanti disampaikan ke masyarakat atau umat agama lain, sehingga tidak saling terganggu. Demikian juga nanti kalau ada yang natalan. Jadi saling dikomunikasikan. Kami sepakat forum ini pengurusnya warga asli sini biar sama-sama tahu kepentingan karena ingin aman dan nyaman bagi masyarakat kompleks perumahan," ujar dia.

Surabaya Jadi Rujukan Malaysia Belajar Tata Kelola Kota

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima kunjungan tamu istimewa Menteri Perumahan dan Kerajaan Tempatan Malaysia (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) memaparkan sejumlah pencapaian oleh Pemerintah Kota Surabaya, salah satunya mengenai rumah susun (rusun) saat terima kunjungan tamu Menteri Perumahan dan Kerajaan Tempatan Malaysia beserta delegasi pada Minggu, 21 Juli 2019.

Saat bertemu delegasi Malaysia, Risma menyampaikan, di Indonesia termasuk Surabaya ini, status tanah kekuatan ada di tangan rakyat bukan pemerintah. Kemudian jika ingin dilakukan penertiban atau pelebaran jalan, harus dibantu atau diturunkan surat keputusan (SK) Wali Kota. Hal semacam itu yang dinilai dapat mempercepat atau memperlambat proses pengerjaan.

"Saya harus membuat SK Wali Kota agar tidak ada kesalahpahaman dengan warga. Memang biasanya pelebaran jalan itu prosesnya paling lama ada di pelepasan lahan itu sendiri," kata dia, Senin, 22 Juli 2019.

Risma menuturkan, di Surabaya juga memiliki perkampungan di tengah kota. Menurut dia, hal ini merupakan bagian dari keindahan kota, asal dijaga dan dilakukan perawatan.

Dahulu ikon perkampungan memang identik kumuh, kotor, dan tidak nyaman huni. Berbeda dengan sekarang, perkampungan  yang ada di Surabaya semakin tertata dan indah.

"Sebagai contoh kawasan Banyuurip itu sekarang sangat rapi dan bersih. Itu karena partisipasi dari warga dan pengelolaannya memang harus dijaga. Jadi perkampungan ini juga menjadi bagian dari icon kota yang tidak boleh hilang,"  tutur dia.

Sementara dalam pengelolaan rusun, Pemkot Surabaya membuat sistem baru. Dalam setiap rusun sudah difasilitasi perlengkapan rumah tangga, sehingga warga yang tinggal di situ tidak perlu khawatir. Bahkan, biaya sewanya sangat terjangkau bagi masyarakat dari penghasilan di bawah rata-rata.

"Paling mahal biaya sewa kami hanya Rp 90 ribu bapak-ibu. Kami juga membuat komitmen dengan penduduk yang tinggal di sana kalau ekonominya sudah baik, saya minta untuk pindah," terangnya.

Komitmen itu memang benar nampaknya, sebab dalam paparan tersebut juga dijelaskan tiap satu bulan terdapat tim yang melakukan survei. Apalagi, warga sekitar dan penghuni antar rusun juga saling memantau tetangganya. "Biasanya mereka yang sudah punya mobil itu kami minta pindah, karena ekonominya membaik," ucapnya.

Pertemuan dengan perwakilan kota-kota dari Malaysia ini berlangsung hidup. Terbukti, pertanyaan demi pertanyaan silih berganti untuk terus mengetahui perkembangan Surabaya.

 

Malaysia Berikan Apresiasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima kunjungan tamu istimewa Menteri Perumahan dan Kerajaan Tempatan Malaysia (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Menteri Perumahan dan Kerajaan Tempatan Negara Malaysia, Zuraida Kamaruddin, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Wali Kota Surabaya.

Ia menilai, sosok perempuan pemimpin kota besar dengan jumlah penduduk yang padat, dapat melahirkan kebijakan yang mengubah Surabaya seperti sekarang. Hal ini menjadi salah satu sebab pihaknya ingin belajar dari ide-ide Risma.

"Kepada Bu Risma saya kagum dengan pengelolaan beliau yang sangat berdedikasi dan komitmen yang tinggi. Memimpin kota yang besar dengan 3,3 juta penduduk di kota Surabaya," kata Zuraida.

Sebelum berkunjung ke Surabaya, ia banyak mendengar perkembangan Kota Pahlawan ini yang tumbuh pesat. Salah satunya adalah terkait pengelolaan masyarakat, rusun dan perkampungan menggiring.Pihaknya ingin belajar di Surabaya.

"Saya mau pelajari bagaimana strateginya dan kami coba untuk mengkorelasikan dengan keadaan di Malaysia, untuk nantinya kami terapkan," kata dia.

Dia menuturkan, di Malaysia memang sudah banyak rusun, tetapi pengelolaannya masih di peringkat kerajaan. Pihaknya ingin mencoba agar masyarakatnya mampu mengelola sendiri seperti yang terjadi di Surabaya. Bahkan menurut dia, pengelolaan sistem smart city di Surabaya sebuah high technology. Karena itu kemudian pihaknya ingin agar sistem itu juga bisa diimplementasikan di Malaysia.

"Saya lihat perkembangannya sangat pesat. Ide-idenya bagus, saya kira boleh diadaptasikan dan disesuaikan dengan Malaysia. Cara itu yang akan menurunkan anggaran pembelanjaan. Ini sedang saya lihat bagaimana caranya untuk diadaptasikan di Malaysia," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah Berusia 13 Tahun Ini Curi Pesawat dan Dikendarai, Begini Aksinya

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang pilot tentunya membutuhkan persiapan yang matang dan butuh pendidikan yang lama. Banyak anak-anak yang bercita-cita menjadi pilot sehingga harus menempuh sekolah khusus penerbangan. 

Bahkan seorang siswa penerbangan pun sebelum menjadi pilot profesional harus menempuh beberapa standar agar layak menerbangkan transportasi udara tersebut. Maka tak heran jika menjadi pilot harus menempuh beberapa kriteria.

Sayangnya tak semua orang sepertinya mengerti akan prosedur tersebut, seperti kejadian unik yang belum lama ini terjadi. Saat seorang bocah sudah tak sabar untuk menjadi pilot profesional.

Seorang bocah laki-laki tertangkap kamera pengintai atau CCTV menyelinap ke area parkir pesawat di Tiongkok. Ia terlihat mendekati pesawat dan mulai menjalankannya. Tak hanya satu, tetapi dua pesawat yang ia jajal. Videonya pun menyebar di media sosial. 

Menyelinap dan Kendarai 2 Pesawat

Bocah curi pesawat dan alami kecelakaan. (Sumber: World of Buzz)

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Selasa (23/7/2019) bocah laki-laki yang diketahui berusia 13 tahun itu tertangkap kamera CCTV mencoba mengemudikan pesawat. Ia terlihat menyelinap pada malam hari tepatnya tanggal 15 Juli 2019 lalu. 

Kantor polisi Zhenjiang menerima laporan tersebut langsung melakukan investigasi dengan melihat rekaman CCTV yang berada di lokasi. Terlihat bocah itu mengemudikan dua pesawat secara bergantian. 

Awalnya pada taengah malam, bocah itu masuk dan membuka tirai hanggar di mana pesawat itu parkir. Setelah naik ke pesawat mengutak-atik kontrol, ia berhasil menyalakan pesawat dan meluncur melintasi hanggar. Tetapi pesawat menabrak pagar karena ia gagal berbelok, menyebabkan pesawat dan pagar pembatas rusak. 

Setelah menabrak, ia pindah dengan melompat ke pesawat lain dan menyalakan mesinnya juga. Bocah itu mengendarainya untuk beberapa putaran di hanggar dan kemudian meninggalkan tempat kejadian.

Ditangani Kepolisian dan Dapat Apresiasi dari Direktur Pangkalan Pesawat

Bocah curi pesawat dan alami kecelakaan. (Sumber: World of Buzz)

Melihat dari rekaman CCTV tersebut, polisi diharapkan dapat menemukan bocah tersebut. Dilaporkan bahwa pesawat itu adalah pesawat amfibi dan beratnya sekitar setengah ton. Pesawat itu cukup ringan untuk dikemudikan anak itu.

Setelah melakukan pencarian, pihak polisi menemukan bocah itu. Orangtua dari bocah itu juga harus menanggung biaya kompensasi sekitar Rp 6,8 juta. 

Setelah melihat rekaman CCTV tersebut, pihak staf di sana mengatakan bahwa bocah itu bisa saja mengendarainya lebih bebas jika tempat itu lebih luas. Mereka membayangkan bakat anak itu di bidang penerbangan ketika usianya masih sangat muda. 

Direktur pangkalan operasi pesawat bahkan mengatkan bahwa akan memberikan bocah itu kesempatan untuk menghadiri pelatihan profesional di pangkalan mereka suatu hari nanti. Meski tak memaafkan atas tindakan menyelinap, mencuri dan merusak pesawat, direktur yakin anak itu akan dapat mengejar impiannya sebagai pilot di masa depan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat Hari Anak Nasional Ramaikan Lini Masa, Begini Harapan Warganet

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 23 Juli di Indonesia diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Peringatan Hari Anak Nasional ini merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia terhadap anak-anak agar bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial, tampak memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional dengan berbagai unggahan di jejaring sosial. Pantauan Citizen6-Liputan6.com, lini masa Twitter (23/7/2019), dibanjiri dengan beragam twit maupun gambar yang menampilkan sosok anak-anak dengan berbagai karakter di Indonesia. 

Selain itu, warganet juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga anak-anak dari tindak perundungan (bullying), mengingat masih banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menjadikan anak sebagai objek kejahatan, khususnya kejahatan sosial.

Untuk memeriahkan momen tersebut, warganet tak lupa mencantumkan tagar Hari Anak Nasional dalam twitnya.

Respons Warganet

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengucapkan Hari Anak Nasional dalam akun Twitter pribadinya.

Artis cantik Cinta Laura juga membuat twit yang mengajak publik untuk membantu mewujudkan mimpi anak-anak di Indonesia.

Selain para tokoh di Indonesia, warganet juga memeriahkan Hari Anak Nasional dengan beragam twit. Berikut berbagai twit warganet yang memperingati Hari Anak Nasional yang dirangkum dari Twitter.

Trending Topic Twitter

Saking banyaknya twit mengenai Hari Anak Nasional, perbincangan tersebut pun menjadi topik yang paling ramai dibahas warganet. Tagar Hari Anak Nasional bahkan berada di jajaran trending topic teratas Twitter kawasan Indonesia.

Selamat Hari Anak Nasional. Mari jaga dan lindungi anak-anak Indonesia agar menjadi pewaris bangsa yang tangguh serta menjadi pemimpin bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Barcelona vs Chelsea: Menanti Debut Griezmann dan De Jong

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona melakoni laga pertama pada pramusim 2019/2020. El Azulgrana bakal meladeni Chelsea di Saitama Stadium, Selasa (23/7/2019).

Muka-muka anyar Barcelona berpeluang melakoni debut tidak resmi di laga ini. Neto Murara, Frenkie de Jong, Jean-Clair Todibo, Hiroki Abe, dan Antoine Griezmann berangkat ke Jepang dan siap unjuk kemampuan.

Kehadiran mereka menjadi penawar kekecewaan pendukung Barcelona di Matahari Terbit yang tidak bisa menyaksikan Lionel Messi. Sang bintang belum bergabung sehabis membela Argentina di Copa America 2019.

Ini adalah pertemuan kedua pada pramusim. Barcelona dan Chelsea bersua pada International Champions Cup 2015 di Amerika Serikat. Ketika itu mereka bermain 2-2 selama 90 menit sebelum Chelsea berjaya lewat adu penalti.

Partai nanti merupakan bagian perebutan Rakuten Cup. Barcelona selanjutnya menghadapi Vissel Kobe, yang diperkuat eks bintang klub Andres Iniesta dan David Villa, pada Sabtu (23/7/2019).

Selanjutnya Barcelona kembali ke Spanyol untuk memperebutkan Joan Gamper Trophy melawan Arsenal (4 Agustus). El Azulgrana kemudian menghadapi Napoli di Amerika Serikat pada 7 dan 10 Agustus dalam ajang La Liga Serie A Cup.

Skuat Barcelona

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong (atas kanan) melakukan pemanasan selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Kiper: Ter Stegen, Neto, Inaki Pena

Belakang: Semedo, Pique, Lenglet, Alba, S. Roberto, Umtiti, Todibo, Araujo, Guillem

Tengah: Rakitic, S. Busquets, Rafinha, Alena, De Jong, Collado, Abe, Monchu, O. Busquets, Puig

Depan: Dembele, Malcom, Griezmann, Perez

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Unik Rayakan Hari Anak Nasional Bersama Buah Hati Lewat Fitur Google

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak yang tumbuh berkembang di era digital saat ini sudah akrab dengan kecanggihan dunia online sedari kecil, berbeda generasi sebelumnya yang berkenalan dengan teknologi secara bertahap.

Kids zaman now bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Mengambil momentum Hari Anak Nasional, banyak orangtua yang menyempatkan diri untuk bermain dan belajar lebih lama bersama anak-anak mereka.

Nah, berikut ini tips dan trik untuk orangtua agar bisa belajar dan bermain bersama sekaligus mengoptimalkan manfaat internet dari Google.

1. Belajar Lebih dari Seratus Bahasa Lewat Google Translate

Tiga belas tahun lalu, Google Translate diluncurkan untuk mengatasi hambatan bahasa dan menjadikan dunia lebih mudah diakses.

Sejak itu, Google Translate telah berkembang dari yang semula mendukung dua bahasa saja menjadi 103 bahasa.

Dengan fitur-fitur seperti World Lens sampai percakapan bilingual, Google Translate membantu orang melihat dunia dalam berbagai bahasa dan memungkinkan mereka saling berkomunikasi meski menggunakan bahasa yang berbeda.

2. Menjelajahi Keindahan Indonesia di Google Arts & Culture

Google Arts & Culture. Dok: metro.co.uk

Perpaduan seni dan teknologi ini menghadirkan cara-cara baru untuk berinteraksi. Tab 'Kamera' dalam aplikasi Google Arts & Culture adalah pintu baru menuju dunia kesenian digital yang menyenangkan, memungkinkan kamu menemukan karya seni yang mirip dengan selfie kamu atau mengetahui hubungan warna dari gambar-gambar.

Dengan fitur augmented reality-nya, kamu dapat menjelajahi galeri virtual atau melihat karya seni berukuran nyata kapan saja dan di mana saja.

Buka bagian Indonesia untuk melihat kekayaan budaya terbaik di Tanah Air. Dari monumen kuno hingga seni kontemporer, dapatkan inspirasi dari keindahan negara kita yang mengagumkan.

 

3. Menghadirkan Kembali Keajaiban Cerita Rakyat Indonesia

Banyak cerita rakyat telah menjadi tradisi bagi orang tua Indonesia saat menemani anak tidur. Bawang Merah dan Bawang Putih dari Riau, Malin Kundang dari Sumatra Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, dan berbagai cerita lain masih sangat lekat dalam ingatan kita.

Cerita rakyat tidak terpisahkan dari budaya dan tradisi Indonesia karena masing-masing mengandung pesan yang perlu diajarkan dan diwariskan ke generasi berikutnya. Akan tetapi, beberapa cerita mulai dilupakan seiring waktu.

Inilah motivasi di balik pembuatan seri YouTube berjudul "Dongeng, Yuk!", yang ingin menghidupkan kembali keajaiban cerita rakyat dan dongeng yang telah terlupakan melalui YouTube dan YouTube Kids bagi setiap orang Indonesia dan siapa pun di dunia.

Bersama Ayo Dongeng Indonesia, inisiatif ini menyajikan 34 cerita rakyat dari 34 provinsi di Indonesia yang dipublikasikan melalui channel YouTube Google Indonesia.

 

4. Belajar Sambil Bermain dengan Google Assistant

Suka main Mobile Legends? Yuk, cari tahu hero favorit dengan Google Assistant biar mainnya bisa lebih keren. (Foto: KnowTechie)

Google Assistant memiliki berbagai aktivitas untuk menghibur semua anggota keluarga, dari permainan untuk bersantai bersama di malam hari hingga trivia.

Cukup dengan mengucapkan "Ok Google, suara hewan" atau "fakta menarik".

Saat ini ada lebih dari 50 permainan, aktivitas, dan cerita dalam program Assistant for Families. Setiap aktivitas ini telah diperiksa dan disetujui oleh tim Trust and Safety Google, sehingga dapat dipastikan ramah keluarga.

 

5. Memahami dan Mengelola Aktivitas Online Anak

Family Link Google. Dok: youtube.com

Lebih dari 90 persen orangtua di Indonesia mengatakan bahwa belajar membentuk kebiasaan digital yang sehat bagi anak mereka adalah hal yang penting?

Google memgetahui hal itu selalu diperlukan, tapi kesehatan digital menjadi makin penting saat anak memiliki waktu lebih banyak untuk menggunakan internet.

Sering kali masa liburan berarti ada lebih banyak waktu luang, yang berarti ada lebih banyak waktu online. Ini bisa menjadi masalah bagi orangtua saat anaknya terlalu lama menatap layar perangkat!

Google telah menyediakan fasilitas untuk membantu menciptakan kebiasaan digital yang sehat, positif, dan sesuai untuk keluarga.

Aplikasi Family Link Google menyediakan berbagai cara untuk membantu anak membuat pilihan cerdas, yaitu dengan memungkinkan orangtua mengizinkan atau memblokir aplikasi yang dapat diunduh anak di Google Play Store.

Juga menetapkan batas waktu online harian dan mengunci perangkat anak dari jarak jauh saat anak harus belajar atau tidur.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nunung Pakai Narkoba untuk Stamina, Ini Kata Joe Taslim

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Drama penangkapan Nunung Srimulat atas kepemilikan sabu terus bergulir. Pekan lalu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menyatakan, Nunung Srimulat telah memakai sabu sejak lama untuk stamina dalam bekerja.

Fakta serta data Nunung Srimulat ini seolah menguatkan kedekatan artis dan narkoba. Terkait insiden penangkapan Nunung Stimulat, sejumlah seleb angkat bicara. Salah satunya, Joe Taslim. Usai menghadiri peluncuran kampanye Unilever Indonesia "Setiap U Beri Kebaikan," Joe Taslim pun angkat bicara soal narkoba dan stamina.

Namun Joe Taslim tak berkenan mengomentari detail kasus Nunung Srimulat. "(Terkait narkoba untuk stamina) enggak cuma artis, sih. Kalau mau hidup sehat dan punya stamina baik, apa yang ada di badan kita harus dijaga. Minum air putih yang banyak, bergaul di lingkungan yang baik, yang religius, banyak berdoa. Kalau kurang religius ya lakukan hal positif," ungkap Joe Taslim kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Hal positif dan menyenangkan versi Joe Taslim yakni membaca, olahraga, hingga main gim dengan durasi wajar. Lingkungan pergaulan, kata Joe Taslim, turut menentukan hendak menjadi siapa kita nantinya. Yang tak kalah penting, mengenali diri sendiri.

"Bersyukur, badan saya cukup tangguh. Syuting film memang berat, pulang ke rumah maunya langsung istirahat atau tidur. (Kalau tidak sempat olahraga) perbanyak minum air dan istirahat cukup. Mungkin karena dulunya mantan atlet, jadi sistem metabolisme tubuh saya cukup tangguh," sambung Joe Taslim.

Sehat Tanpa Narkoba

Joe Taslim. (Fotografer: Bambang E. Ros, Stylist : Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Menurut Joe Taslim, ada banyak cara sehat alami untuk memperkuat stamina tubuh. Jadi tak harus terjebak pada obat-obatan apalagi narkoba. Joe Taslim sendiri sebenarnya kurang suka sayur. Namun Joe Taslim tak kurang akal untuk membuat dirinya jatuh cinta pada sayur.

"Saya bikin jus. Saya kurang suka makan sayur. Makanya jus jadi solusi alternatif. Carilah cara mengonsumsi makanan yang kurang kita sukai demi kebaikan tubuh. Meski bentuknya jus itu tetap sayur, kan?" pungkas Joe Taslim. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hoaks Bahaya Nasi Dipanaskan di Rice Cooker

Posted: 22 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar bahaya mengonsumsi nasi yang dipanaskan di rice cooker. Apakah benar mengonsumsi nasi di rice cooker bisa terkena diabetes?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gantikan Nazar Amien Rais, Pemuda Ini Jalan Kaki dari Yogyakarta ke Jakarta

Posted: 22 Jul 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Seorang pemuda asal Blora, Jawa Tengah, jalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta untuk menggantikan nazar Amien Rais. Sebelumnya, Amien Rais berjanji akan berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta apabila Joko Widodo atau Jokowi terpilih kembali sebagai presiden.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (23/7/2019), Lilik Yuliantoro (29), pemuda asal Blora, Jawa Tengah, mengawali aksi jalan kakinya di kawasan Tugu Pal Putih.

Dengan modal Rp 50 ribu, Lilik berharap aksi jalan kakinya bisa mengakhiri kontroversi yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa. Terlebih belakangan ini Amien Rais kerap dirundung masyarakat karena tidak juga memenuhi nazarnya.  

Lilik menargetkan dalam waktu 22 hari bisa tiba di Ibu Kota. Dia berharap setibanya di Jakarta bisa bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan sejumlah aspirasi dari mahasiswa di Jawa Tengah dan Yogyakarta termasuk cinderamata berupa wayang sengkuni.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Leonardo DiCaprio Diminta untuk Selamatkan Danau Siberia Ini, Kenapa?

Posted: 22 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Hollywood - Beberapa hari terakhir, banyak penggiat lingkungan Rusia membanjiri akun Instagram aktor Leonardo DiCaprio, mendesaknya untuk mendukung upaya penyelamatan Danau Baikal, sebuah danau di wilayah Siberia.

Sebagai salah satu aktivis lingkungan paling terkenal di dunia, Leonardo DiCaprio sering menggunakan Instagram untuk mengajak masyarakat luas lebih peduli terhadap kelestarian Bumi.

Leonardo DiCaprio juga dikenal berani berpendapat lantang tentang isu lingkungan, yang tidak jarang mengusik beberapa pihak, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Selasa (23/7/2019).

Terkait dengan seruan penyelamatan Danau Baikal, Dicaprio diminta ikut menyebarkan informasi tentang ancaman kerusakan pada danau yang termasuk ke dalam situs warisan dunia Unesco itu.

Untuk diketahui, Danau Baikal adalah danau tertua dan terdalam di dunia, yang terbentuk sejak ratusan juta tahun silam.

Situs ini juga dikenal sebagai danau air tawar terbesar di dunia berdasarkan volumenya.

Namun para pemerhati lingkungan, termasuk WWF, mengatakan danau itu, yang juga dikenal sebagai "mutiara Siberia", berisiko terkena polusi, pengembangan, dan perburuan liar.

Pemerhati Lingkungan Rusia Sangat Berharap pada DiCaprio

Pemandangan tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Warna biru terang danau itu berasal dari garam kalsium dan oksida logam yang tercampur di dalamnya. (Rostislav NETISOV/AFP)

Adapun dalam seruan terhadap Levushka --nama DiCaprio dalam versi Rusia-- para penggiat lingkungan mendesak sang aktor untuk ikut terlibat dan menyuarakan keprihatinan terhadap kondisi Danau Baikal.

"Levushka! Selamatkan Baikal kami! Kami meminta bantuan Anda dengan teramat sangat atas nama seluruh Rusia," tulis salah satu pesan terkait.

Seruan untuk pesan-pesan yang diarahkan pada Leonardo DiCaprio diduga berawal dari unggahan @ves_ulan_ude_, sebuah akun yang didedikasikan untuk berita dari kota terdekat Ulan-Ude, di mana mendesak khlayak luas untuk untuk mengomentari berbagai postingannya sebagai dukungan dalam upaya pelestarian Danau Baikal dan sekitarnya.

 

Dukungan Besar DiCaprio dalam Pelestarian Lingkungan

Leonardo DiCaprio saat berkunjung ke Indonesia pada 2016 silam (Facebook)

Dalam beberapa tahun terakhir, DiCaprio diketahui telah menyumbangkan jutaan dolar untuk mendukung pelestarian lingkungan melalui yayasannya, Leonardo DiCaprio Foundation, yang ia dirikan pada tahun 1998.

Ia sebelumnya mengatakan bahwa perubahan iklim adalah masalah terbesar yang dihadapi kaum muda saat ini.

Sementara itu, di tengah publisitas besar-besaran atas film arahan sutradara Quentin Tarantino, Once Upon A Time, di mana DiCaprio beradu peran dengan Brad Pitt dan Margot Robbie, para pemerhati lingkungan melihat peluang emas untuk menyuarakan keprihatinan terhadap isu Danau Baikal.

Apalagi ditambah dengan fakta bahwa kakek dan nenek dari sang aktor adalah keturunan asli Rusia, dan pernah juga berujar bahwa dirinya setengah-Rusia.

Ini dilihat oleh para pemerhati lingkungan Rusia sebagai layaknya sebuah keterikatan emosional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Transformasi Cinta Laura, Kembali ke Dunia Musik Usai Vakum 7 Tahun

Posted: 22 Jul 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal Cinta Laura, salah satu aktris Indonesia yang mempunyai keunikan dan selalu diingat oleh masyarakat. Wajahnya yang blasteran Indonesia-Jerman dengan aksen bicara yang campur-campur, menjadi keunikan dari Cinta Laura.

Setelah vakum tujuh tahun, Cinta Laura kembali lagi ke dunia tarik suara dengan mengeluarkan single berjudul Vida. Lagu terbaru ini bergenre Reggaeton, Afropop, dan Baila Funk, beda dengan lagu-lagunya sebelumnya.

Butuh waktu beberapa tahun bagi Cinta untuk kembali menjajal bakatnya sebagai solois. Bagi Cinta, lagu ini sangat spesial karena dirinya ikut andil menulis lirik. Genre lagu ini juga pilihannya. Menurutnya, lagu ini mewakili kepribadiannya yang energik dan bersamangat, seperti Liputan6.com kutip dari Dream.co.id, Selasa (23/7/2019).

Lagu 'Vida' akan menjadi lagu debut internasional Cinta Laura. Penampilannya di lagu baru pun menuai komentar positif dari penggemar. Fashion hingga vokalnya dianggap menyamai beberapa musisi ternama lainnya. Bahkan di lagu tersebut Cinta menunjukkan kepiawaiannya berbahasa Spanyol.

Tampil berbeda dari sebelumnya Cinta Laura berhasil memukau penggemar dengan penampilan barunya. Berikut 6 transformasi Cinta Laura yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2019).

1. Cinta Laura lahir pada 17 Agustus 1993 di QuakenbrΓΌck, Jerman. Ia mulai dikenal masyarakat saat membintangi sinetron Cinderella (Apakah Cinta Hanyalah Mimpi?).

2. Tak hanya pandai berakting, Cinta Laura juga membuktikan bahwa dirinya juga pandai dalam akademik. Buktinya dia bisa lulus cum laude dari Columbia University di Amerika Serikat.

View this post on Instagram

Daddy's girl! (CLK 6 years old) 😍

A post shared by Herdiana Kiehl (@herdianak) on

3. Semenjak berkuliah di luar negeri, Cinta lebih memilih tinggal di Amerika untuk melebarkan sayapnya sebagai bintang Hollywood.

Cinta Laura (sumber: kapanlagi.com)

4. Beberapa film luar pun telah dia bintangi seperti After the Dark dan The Ninth Passenger.

Cinta Laura (sumber: kapanlagi.com)

5. Saat ini nama Cinta Laura juga dikenal dalam dunia hiburan Internasional. Dari sini lah aktris 25 tahun ini mencoba peruntungan untuk debut sebagai solois.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nunung, dari Layar Kaca Terseret ke Penjara karena Narkoba

Posted: 22 Jul 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mendatangi Kediaman Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat, di Jalan Tebet Timur III I, Jakarta Selatan, Jumat 19 Juli 2019, pukul 13.15 WIB. Saat itu, Nunung sedang bersama suaminya, July Jan Sambiran.

Kehadiran polisi bukan tanpa sebab. Berdasarkan keterangan dari kurir sabu Hadi Moheriyanto alias Hery alias Tabu yang telah ditangkap sebelumnya, memberitahukan kalau dia baru saja mengantarkan pesanan sabu seberat 2 gram kepada si komedian Nunung.

Kesaksian Kurir diperkuat dengan uang Rp 3,7 juta yang diberikan sebagai imbalan. Hadi mematok sabu dua gram dengan harga Rp 2,6 juta. Sementara, sisanya Rp 1,1 juta itu adalah uang untuk membayar hutang pemesanan sebelumnya.

Berbekal informasi itu, polisi mengeledah seisi rumah Nunung. Kala itu, Nunung berupaya menghilangkan barang bukti. Ia menggunting dan membuang sabu sisa pakai ke dalam kloset.

Meski begitu, pengeledahan berbuah manis. Polisi menemukan pipet, sedotan, bong, dan sabu seberat 0,36 gram bruto sisa pemakaian pesanan minggu sebelumnya. Seluruhnya disimpan di laci.

Nunung bersama suaminya digelandang ke Mapolda Metro Jaya. Dia pun ditetapkan sebagai tersangka setelah diperiksa secara intensif. Pendek kata, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya merampungkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) ketiga tersangka.

Berbagai fakta terungkap. Salah satunya modus Nunung saat memesan sabu. Selama lima bulan terakhir, Nunung telah lima kali menerima sabu dari Hadi. Nunung memakai kode perhiasan untuk mengelabui transaksi narkoba.

"Jika bertemu dengan tetangga sekitar rumah dan ada pertanyaan, bisa disampaikan bahwa saya (Hadi Moheriyanto) mengantarkan perhiasan. Dan itu pun sudah diakui keduanya di dalam BAP," ujar Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Minggu (21/7/2019).

Nunung dan suaminya juga diketahui sudah lama menjadi pencadu sabu.

"Nunung mengakui menggunakan sabu sudah sejak 20 tahun yang lalu. Bahkan suami Juli sekitar 24 tahun yang lalu," ujar Calvijn.

Sebetulnya, suami Nunung, July Jan Sambiran pun sudah beberapa kali meminta Nunung untuk menjauhi narkoba. Tapi tak diindahkan Nunung.

"Suaminya berapa kali sudah menasehati untuk berhenti tetapi sepertinya ada penolakan dari Nunung," kata Calvijn.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono membeberkan alasan Nunung mengkonsumsi sabu karena tuntutan pekerjaan.

"Karena tuntutan pekerjaan, karena kondisi, umur, dan akhirnya saudara Nn menggunakan untuk daya tahan tubuh," kata Argo.

 

Maaf Nunung

Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung (kiri) bersama suami July Jan Sambiran (tengah) dan tersangka lainnya dihadirkan dalam rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Nunung beserta suami, July Jan Sambiran, ditangkap karena kasus narkoba. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Senin siang (22/7/2019) Nunung ditampil ke hadapan publik. Dia menyatakan permohononan maafnya kepada seluruh pihak atas penangkapan dirinya terkait kasus penggunaan narkoba jenis Sabu.

"Saya mohon maaf kepada ibu saya, anak dan cucu saya, keluarga besar saya, kepada rekan-rekan kerja saya dan di mana saya bekerja," ujar Nunung.

Nunung mengaku menyesal karena telah mengecewakan semua orang-orang terdekatnya. Dia mengakui, tindakannya itu merupakan sebuah pelanggaran hukum dan suatu kesalahan fatal baginya.

"Saya sudah mengecewakan, saya sudah berbuat salah, melanggar hukum. Kepada bapak polisi, yang sudah ada kejadian ini, saya berterimakasih, saya terselamatkan dengan kejadian ini," ujar dia.

Nunung mengaku tak bisa membayangkan bila hingga kini tidak tertangkap dan masih mengkonsumsi narkoba.

"Kalau tidak ada kejadian ini, entah sampai kapan saya," ucap Nunung.

Tapi penyesalan Nunung sia-sia. Dia pun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ketiga tersangka dikenai Pasal 114 ayat 2 subsidair Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 32 ayat 1 Undang-Undang 35 Tahun 200 tentang Narkotika.

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Hariono Lawan Bali United, Pelatih Persib Siapkan Pengganti

Posted: 22 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Usai mencuri tiga poin di kandang PSIS Semarang, Persib Bandung langsung fokus menjamu Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (26/7/2019). Namun, kali ini Maung Bandung tidak bisa memainkan gelandang tengah Hariono.

Pemilik nomor 24 di punggung tim Persib itu absen karena terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Sebanyak tiga kartu kuning sudah dikoleksinya. Masing-masing didapatkan saat berhadapan dengan Semen Padang, Persija Jakarta dan terakhir saat melawan PSIS Semarang.

"Memang kita tanpa Hariono, tapi kita masih punya pemain yang punya kualitas dan posisi yang sama maka itu lebih baik," kata pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

Ini bukan kali pertama Persib tampil tanpa diperkuat pemain andalannya. Sebelumnya Persib pernah tidak diperkuat Ezechiel N'Douassel, Rene Mihelic, Achmad Jufriyanto hingga Bojan Malisic yang juga karena terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

Robert mengatakan kondisi ini yang membuatnya cukup sulit menentukan formasi ideal dalam mengarungi Shopee Liga 1 2019. Sehingga beberapa strategi dan penyusunan pemain kerap mengalami perubahan.

"Saya tidak bisa bilang tentang formasi yang ideal, karena di laga selanjutnya kita memang kedatangan Bojan dan Jupe, tapi Hariono kena akumulasi jadi kita tidak bisa bilang formasi ideal. Tapi mungkin kualitas pemain yang dipasang semakin lebih baik," kata pelatih Persib berusia 64 tahun itu.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Rotasi

Berkaca dari rotasi yang dia terapkan, Robert mengaku sejauh ini semua berjalan dengan baik. Bahkan pemain Persib yang mengganti posisi absennya pemain utama, mampu menunjukkan performa terbaik mereka.

"Saya pikir ada keuntungan dari apa yang kita lakukan di awal. Pemain seperti Indra dan Henhen yang sudah main sebelumnya, maka mereka punya kepercayaan diri ketika menjadi starter di pertandingan. Ada dampak dari itu, maka bagusnya adalah pengalaman sangat penting bagi pemain, jadi apa yang kita ekspektasi menjadi kenyataan," kata Robert.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri BUMN Tunjuk Dirut Baru PPA

Posted: 22 Jul 2019 09:45 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Rini Soemarno hari ini telah memberhentikan sekaligus mengangkat Direktur dan Komisaris PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) / PPA.

Pergantian jajaran pimpinan PPA itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-159/MBU/07/2019 tertanggal 23 Juli 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Pengelola Aset.

Dalam SK tersebut telah dilakukan pemberhentian dengan hormat atas Henry Sihotang yang berakhir masa jabatannya sebagai Direktur Utama, dan Ajar Setiadi yang berakhir masa jabatannya sebagai Direktur Keuangan dan Dukungan Kerja.

Selanjutnya dalam surat yang sama juga dilakukan pengangkatan Iman Rachman sebagai Direktur Utama, dan pengangkatan R. Muhammad Irwan sebagai Direktur Keuangan dan Dukungan Kerja.

Tidak hanya itu, juga telah dilakukan pemberhentian dengan hormat atas Lydia Silvanna Djaman dari jabatannya sebagai Komisaris, sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN Selaku RUPS Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Pengelola Aset Nomor SK-160/MBU/07/2019 tertanggal 23 Juli 2019 tentang Pemberhentian Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Pengelola Aset.

"Terimakasih atas sumbangsih Pak Henry, Pak Ajar dan Bu Lydia, serta selamat datang kepada Pak Iman dan Pak Irwan. Selamat bekerja untuk formasi Direksi terbaru, semoga formasi lengkap Direksi PT PPA dapat memberikan kinerja terbaik bagi PT PPA untuk akselerasi tercapainya visi misi PT PPA dalam membangun negeri Indonesia," kata Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro di Kementerian BUMN, Selasa (23/7/2019).

 

Susunan Komisaris dan Direksi Baru

Penandatanganan kerjasama Pendanaan Non Cash Loan (SKBDN dan L/C) antara PT Industri Sandang Nusantara dengan PT Bank Mandiri Tbk dan PT Asuransi Jasa Indonesia. (Dok Kementerian BUMN)

Dengan demikian, susunan Dewan Komisaris dan Direksi PT PPA sejak tanggal 23 Juli 2019 menjadi sebagai berikut:

Komisaris

Edy Putra Irawady: Komisaris Utama

Didyk Choiroel: Komisaris

Tirta Hidayat: Komisaris

Direksi

Iman Rachman: Direktur Utama

Nasrizal Nazir: Direktur Investasi

Dikdik Permadi Yoffana: Direktur Konsultasi Bisnis dan Aset Manajemen

R. Muhammad Irwan: Direktur Keuangan dan Dukungan Kerja

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Latihan Barcelona Jelang Hadapi Chelsea di Tokyo

Posted: 22 Jul 2019 09:45 PM PDT

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong (atas kanan) melakukan pemanasan selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong (atas kanan) melakukan pemanasan selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde melihat para pemainnya berlatih di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde melihat para pemainnya berlatih di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Bek Barcelona, Gerard Pique bersama rekan-rekannya melakukan pemanasan selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Bek Barcelona, Gerard Pique bersama rekan-rekannya melakukan pemanasan selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Pemain Barcelona mendengarkan pelatih Ernesto Valverde  selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Pemain Barcelona mendengarkan pelatih Ernesto Valverde selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Bek Barcelona, Rafinha mengontrol bola selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Bek Barcelona, Rafinha mengontrol bola selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Pemain Barcelona, Hiroki Abe melakukan pemanasan selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Pemain Barcelona, Hiroki Abe melakukan pemanasan selama sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Pemain Barcelona bersiap mengikuti sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Pemain Barcelona bersiap mengikuti sesi latihan di Stadion Atletik Kota Machida di Tokyo (22/7/2019). Barcelona akan bertanding melawan Chelsea pada laga pramusim di ajang trofeo Rakuten Cup 2019 di Stadion Saitama. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cewek Ini Minta Fotonya Diedit Sesuka Hati, 6 Hasilnya Bikin Senyum Sendiri

Posted: 22 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nampaknya meminta tolong mengedit foto pada netizen menjadi sebuah tren. Setelah beberapa waktu lalu Anin JKT48 dan Vidi Aldiano yang dikerjai netizen dengan hasil editan fotonya, kini giliran wanita berjilbab putih yang jadi korbannya. 

Melalui akun Twitter @askmenfees, wanita ini meminta fotonya diedit sesuka hati pada warganet. Sesuai dengan permintaanya yaitu edit foto sesuka hati, maka hasil yang dihasilkan pun juga nyeleneh dan sesuka hati. 

Tak ayal editan warganet ini buat kamu senyum sendiri, habisnya kreatif abis deh! Nah penasaran kan gimana hasil foto editannya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2019). 

1. Latihan melewati jembatan sirotol mustaqim

Editan foto kocak (Sumber: Twitter/@askihuy)

2. Enggak mau dievakuasi, maunya tetap di situ aja

Editan foto kocak (Sumber: Twitter/@jjxjaeffrey)

3. Hati-hati bisa diterkam hiu nih.

Editan foto kocak (Sumber: Twitter/@diazz0412)

4. Pantas angkat tangan, mbaknya buronan ternyata!

Editan foto kocak (Sumber: Twitter/@RidianAditya)

5. Tunggu tanggal rilis filmnya ya, Tarzan Muslimah

Editan foto kocak (Sumber: Twitter/  @expelliarlmus)

6. Jadi yang sebenarnya angkat karpet biar terbang dia guys!

Editan foto kocak (Sumber: Twitter/  @susintrash)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersaing dengan Menantu, Ayah Beyonce Terjun di Bisnis Ganja

Posted: 22 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Ayah Beyonce, Matthew Knowles, kini punya kesibukan baru sebagai chief marketing officer dari sebuah perusahaan bertajuk Bangi. Ini adalah perusahaan yang bergerak dalam infrastruktur yang menyokong usaha para petani ganja.

Rupanya, pria yang menjadi manajer Destiny's Child dan Beyonce pada awal kariernya ini, ingin menjadi salah satu orang yang terdepan dalam dunia bisnis mariyuana. 

"Kami membeli tanah...Kami menyewakan tanah itu kepada para penanam [ganja], tempat penjualan, dan perusahaan pengesktrak...Aku ada di bidang pemasaran, aku sudah berpikir di luar batasan. Aku ingin berada di awal tren, tak mau ketinggalan," tuturnya kepada Page Six, seperti dilansir dari Ace Showbiz (23/7/2019).

Matthew Knowless tak terjun sendirian dalam bisnis ini. Suami Beyonce, Jay Z, juga masuk dalam industri serupa, meski memiliki fokus usaha yang berbeda.

Sang Menantu

Suami Beyonce, Jay-Z. (NICHOLAS HUNT / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Beberapa hari sebelum kabar mengenai ayah Beyonce ini beredar, Jay Z telah lebih dulu masuk pemberitaan karena terjun dalam industri ganja.

Rapper tersebut ditunjuk sebagai chief brand strategist dari perusahaan yang mengolah dan menjual ganja, Caliva.

Bersaing

Ayah Beyonce, Matthew Knowles (Facebook/ mrmathewknowles)

Meski fokus dalam perusahaannya berbeda dari sang menantu, ternyata pria 67 tahun ini tetap merasa ada persaingan antara dirinya dengan Jay Z

Dan ternyata, mereka juga tak tahu perkara bisnis masing-masing.

"Aku menelepon orang-orangku (lalu berkata), 'Sial, aku inginnya perusahaanku yang diumumkan terlebih dulu. Tapi (diumumkan) pada minggu yang sama itu keren juga. Kami tak tahu apa yang kami kerjakan masing-masing," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Centong Nasi hingga Gelas, Uniknya Penanda Koper Jemaah Haji

Posted: 22 Jul 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Wajah lelah tapi semburat semringah tetap terpancar di wajah jemaah haji Indonesia, yang baru tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Satu per satu mereka keluar pintu bandara sambil menarik koper bagasi miliknya.

Dari kedatangan ini, bila mata tertuju ada hal unik tertambat pada koper bawaan beberapa jemaah.

Bila stiker atau name tag sudah lumrah sebagai penanda. Apa jadinya, bila alat dapur terpajang di atas koper, sebagai bentuk penanda atau pembeda satu koper dengan yang lainnya. Mulai dari sendok nasi, sandal jepit hingga gelas. Itulah yang sempat terekam dari kedatangan jemaah haji di bandara.

Penanda koper seakan jadi kewajiban buat jemaah. Dikarenakan koper dan tas diberikan pemerintah seragam untuk warna dan bentuk sesuai asal Embarkasi masing-masing. Pada tahun ini, warna koper jemaah adalah orange dan hijau.

Penanda koper unik salah satunya seperti dilakukan Soyah, jemaah Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Dia memakai centong nasi. "Biar gampang terlihat dari jauh," ujar dia sesaat setelah turun di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Senin (22/7/2019).

Menurut Soyah, ide memasang centong nasi di koper berasal dari anaknya. Sebagai pengingat karena Soyah telah berusia lanjut dan pelupa. Jika tanda yang digunakan tidak mencolok, dikhawatirkan sang ibu lupa dengan bawaan kopernya.

Penanda koper dari perlengkapan dapur juga terlihat pada koper milik Rohani, calon haji asal Embarkasi Palembang. Dia menandai kopernya dengan gelas berwarna ungu.

Dia sengaja memasang tanda koper dengan gelas agar mudah dikenali dan berbeda dengan yang lain. "Jemaah kan banyak jadi kopernya mudah dicari kalau ada tandanya," ujar dia.

 

Jemaah haji mengingatkan centong nasi pada koper bawaan miliknya. Winda Satriana/MCH

 

Adapula Mukajat Suyadi, jemaah haji asal Kabupaten Sorong, Papua Barat yang memasang lap serbet di kopernya sebagai tanda.

Awalnya Mukajat merasa bingung hendak menandai koper bawaannya dengan apa. Setelah melihat lap serbet di rumah, kemudian Mukajat spontan mengikatkannya pada koper.

"Biar mudah dikenali to," ungkap dia.

Bedasarkan hasil pengamatan Media Center Haji (MCH) di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, cukup banyak yang menggunakan tanda unik di kopernya.

Misalnya dari kain perca, sedotan, potongan spanduk, bola mainan anak, dan potongan sandal yang dibentuk. Tanda itu sangat membantu calon haji untuk mengenali kopernya saat berada di ruang tunggu yang bercampur dengan ratusan orang lain.

 

Reporter : Nabila Bilqis

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tim Duncan Jadi Asisten Pelatih San Antonio Spurs

Posted: 22 Jul 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, San Antonio - Juara NBA lima kali Tim Duncan kembali ke San Antonio Spurs sebagai asisten pelatih Gregg Popovich. Dia akan berusaha membantu klub kembali ke masa kejayaan.

"Saya kira ini tepat karena saya melayaninya selama 19 tahun, dia membalas budi," kata Popovich dilansir AFP.

Popovich menangani Spurs sejak 1996, dengan Duncan tiba setahun kemudian. Keduanya kemudian membawa tim menjadi juara NBA pada 1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014.

Duncan tidak sendirian bergabung dengan staf pelatih Spurs. Turut hadir Will Hardy yang magang di klub sejak 2010 setelah lulus dari Williams College pada 2019.

"Dia adalah seorang pemikir bola basket muda yang berbakat, yang sangat dihormati semua orang di organisasi berkat pengetahuan, semangat, dan kepribadiannya," kata Popovich.

Duncan tetap berkutat di Spurs sejak pensiun dari NBA pada 2016. Namun, dia membantu secara informal.

Sosok berusia 43 tahun itu memimpin perolehan poin, rebound, dan blok sepanjang masa Spurs.

Langganan Play-off

Penggawa Philadelphia 76ers Justin Anderson coba menghentikan guard San Antonio Spurs Tony Parker (kanan) pada laga NBA di AT&T Center, Jumat (26/1/2018) atau Sabtu (27/1/2018) WIB. (AP Photo/Darren Abate)

Spurs menjadi salah satu kekuatan di Wilayah Barat bersama Popovich. Hanya gagal di kampanye debut, dia kemudian membawa tim menembus play-off dalam 22 musim beruntun.

Namun, Spurs langsung terhenti pada putaran pertama play-off dua musim terakhir. Padahal mereka mendatangkan DeMar DeRozan dari Toronto Raptors.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siluet Busana Tahun 50an Jadi Inspirasi Utama Rumah Mode Dior di Musim Ini

Posted: 22 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Dior kembali menyuguhkan koleksi terbarunya untuk musim Autumn/Winter 2020. Kali ini Maria Grazia Chiuri bermain dengan beragam siluet busana perempuan khas tahun 1950-an, yaitu Teddy Girls.

Penting untuk diketahui, Teddy Girls dijadikan tandingan dari Teddy Boys, subkultur Inggris pertama yang muncul pada periode paska perang di tahun 1950-an. Ini adalah masa di mana Christian Dior memiliki tampilan baru yang jarang dieksplorasi oleh Maria sendiri.

Dari pandangan tertentu, Teddy Girls merupakan karakter yang unik jika dilihat dari padu padan busananya, seperti jaket pria gaya Edwardian, syal beludru, rok besar, celana jeans, dan jaket kulit hitam.

Inilah yang kemudian menghadirkan perspektif baru di tahun 1950-an dan dikaitkan dengan karakter Putri Margaret oleh Maria sendiri. Putri Margaret terkenal karena pernah memberontak dengan memilih gaun Dior pada ulang tahunnya yang ke 21 di tahun 1951 dan difoto oleh Cecil Beaton.

Dari sinilah Christian Dior sangat tertarik pada perpaduan klasikisme, subversi, keanggunan, dan pemberontakan dalam budaya Inggris, yang kemudian dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk pameran Designer of Dreams, now at the Victoria & Albert Museum in London. Maria berusaha menggambarkannya satu per satu untuk desain koleksi terbaru Dior.

 

Teddy Girls, Koleksi Terbaru Dior yang Mengeksplorasi Identitas Perempuan di Tahun 1950an. Sumber foto: Document/Dior.

Autumn/Winter 2020

Teddy Girls, Koleksi Terbaru Dior yang Mengeksplorasi Identitas Perempuan di Tahun 1950an. Sumber foto: Document/Dior.

Bar suit diciptakan dengan siluet yang lebih maskulin melalui potongan, kain, dan kerah beludru. Rok lipit yang terinspirasi dari siluet pada bagian pinggang gaun Christian Dior, reinterpretasi konseptual dari keanggunan khas Dior.

Gaun malam yang terdiri dari bodysuit dan rok disulam dengan paillettes transparan dan dihiasi dengan bunga-bunga, serta sepatu dengan hak rendah meruncing dan terpotong di bagian depan, menonjolkan bahan dan teknik yang modern. Serangkaian kemeja bermotif kotak berwarna hitam merah dan hitam putih ditujukan untuk mengenang karya seniman Mario Schifano.

Setiap potongan busana dalam koleksi terbaru Dior ini berhubungan dengan gagasan feminitas yang melampaui gender dan anatomi. Maria berusaha mengeksplorasi identitas dalam penafsiran ulang sejarah Dior.

 

Teddy Girls, Koleksi Terbaru Dior yang Mengeksplorasi Identitas Perempuan di Tahun 1950an. Sumber foto: Document/Dior.Teddy Girls, Koleksi Terbaru Dior yang Mengeksplorasi Identitas Perempuan di Tahun 1950an. Sumber foto: Document/Dior.

Ultra matte black collection

Tidak hanya itu, Dior juga menghadirkan beragam tas andalanya seperti Lady Dior, Saddle, dan Diorama dalam warna baru. Ultra matte black hadir menjadi lambang keanggunan dan pembaruan tanpa batas. Bagaimana menurutmu?

Teddy Girls, Koleksi Terbaru Dior yang Mengeksplorasi Identitas Perempuan di Tahun 1950an. Sumber foto: Document/Dior.

Saksikan video menarik setelah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamen Cipulir Korban Salah Tangkap Minta Perlidungan LPSK

Posted: 22 Jul 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamen yang menjadi korban salah tangkap di Cipulir meminta bantuan ke Lembaga Perlidungan Saksi dan Korban (LPSK).

Kuasa Hukum pemohon yang diwakili LBH Jakarta, Oky Wiratama Siagian mengaku, sudah mengirim surat ke lembaga tersebut.

"Kemarin, kami sudah kirim surat kemarin. Notice dulu aja, walaupun belum ada ancaman sampai sekarang kepada pengamen Cipulir cuma enggak ada salahnya kami notice dari awal persidangan ini, yang mana korbannya adalah anak anak," kata Oky di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019).

Oky mengatakan, keempat pengamen yang mengajukan gugatan adalah korban-korban salah tangkap. Mereka wajib dilindungi selama proses persidangan.

"Jadi ada kewajiban minimal kita notice ke LPSK untuk supaya nanti kalau  terjadi apa-apa LPSK bisa lindungi," ujar dia.

 

Tuntut Ganti Rugi

Pengacara LBH Okky Wiratama Siagian sebagai pendamping empat pengamen Cipulir korban salah tangkap saat sidang praperadilan perdana gugatan di PN Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019). Melalui LBH mereka menuntut ganti rugi sebanyak Rp186.600.000 per anak. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pihak Polda Metro Jaya dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta digugat oleh pengamen yang menjadi korban salah tangkap di Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pihak pemohon yakni Fikri, Fatahillah, Ucok, dan Pau.

Gugatan praperadilan dilayangkan dengan nomor perkara 76/pid.pra/2019/PN. Jak.sel. Sidang pembacaan permohonan praperadilan digelar pada Senin 22 Juli 2019 kemarin. Dalam gugatannya, pihak pemohon mengajukan tuntukan ganti kerugian sebesar Rp 750 juta. 

Kuasa Hukum pengamen Cipulir yang diwakili LBH Jakarta, Oky Wiratama Siagian menyampaikan, dasar pengajuan praperadilan adalah putusan Mahkamah Agung nomor: 131/PK/Pid.sus/2016 yang menyatakan para pemohon tidak bersalah.

Menurut Oky, berdasarkan Pasal 95 ayat (3) dan ayat (4) KUHP, para korban salah tangkap itu berhak mendapatkan ganti rugi.

"Untuk sidang hari ini, agendanya pembacaan permohonan ganti kerugian, alasan-alasan mengapa pemohon mengajukan peradilan, kedudukan pemohon dan kedudukan termohon. Kemudian Kami jabarkan klien kami telah menjalani proses sesat, rehabilitasi dan kerugian" ujar Oky.

Sidang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan permohonan. Saat pembacaan permohonan, Oky menyebut korban mengalami kerugian material, dan immaterial. (Jagat Alfath Nusantara)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Listrik Padam Hampir di Seluruh Penjuru Venezuela, Warga: Ini Bencana...

Posted: 22 Jul 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Caracas - Listrik dilaporkan padam secara nasional di Venezuela, termasuk ibu kota Caracas, yang menurut Menteri Informasi negara itu, Jorge Rodriguez, disebabkan oleh "serangan elektromagnetik".

Rodriguez menambahkan bahwa pihak berwenang sedang dalam proses memulihkan kembali layanan listrik, di mana akan kembali normal pada Selasa ini.

Dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (23/7/2019), pemadaman listrik berlangsung sejak Senin sore pukul 16.41 waktu setempat.

Beberapa warga mengatakan pemadaman kali ini merupakan yang terbesar dalam krisis listrik yang melanda Venezuela sejak Maret lalu.

"Pemadaman ini adalah bencana besar," kata Bernardina Guerra (51), seorang petugas kebersihan yang tinggal di Caracas.

"Saya tinggal di bagian timur kota, dan di sana, lampu padam setiap hari. Setiap hari keadaannya lebih buruk," lanjutnya miris.

Sebanyak 14 negara bagian Venezuela mengalami kehilangan pasokan listrik pada hari Senin, menurut saksi mata kepada kantor berita Reuters.

Perusahaan listrik nasional Venezuela, Corpolec, hanya melaporkan gangguan yang mempengaruhi sektor ibu kota, Caracas, namun sama sekali tidak menyinggung penjelasan untuk kasus serupa di berabagi wilayah lainnya.

Presiden Venezuela Tuding Ulah Teroris

Presiden Venezuela Nicolas Maduro (AP/Ariana Cubillas)

Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyalahkan "teroris" --yang tidak disebutkan namanya-- atas pemadaman listrik di seluruh negara itu.

Maduro juga mengklaim para teroris telah menyerang pembangkit listrik tenaga air Guri di selatan negara itu, yang memasok listrik ke 80 persen dari 30 juta penduduk Venezuela.

Kegagalan besar lainnya pada bulan April membuat sebagian besar negara itu, termasuk Caracas, dalam kegelapan, meskipun itu berlangsung berjam-jam, bukan berhari-hari.

Pemadaman listrik adalah kejadian umum di Venezuela, terutama di daerah terpencil di wilayah barat.

Pemerintah biasanya menyalahkan teroris atas sabotase, tetapi para ahli mengatakan bahwa kurangnya investasi, manajemen yang buruk dan korupsi adalah penyebab yang lebih mungkin.

Krisis ekonomi akibat hiperinflasi telah menyebabkan kekurangan pasokan makanan dan obat-obatan pada negara kaya minyak itu.

Hal tersebut mendorong lebih dari empat juta rakyat Venezuela untuk meninggalkan negara mereka, dan mengungsi ke beberapa negara tetangga, seperti Kolombia, Guyana, dan Brasil.

Memperburuk Krisis Keuangan Venezuela

Puluhan ribu demonstran antipemerintah menuntut pengunduran diri Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Caracas, Venezuela, Sabtu (2/2). Krisis kekuasaan internal di Venezuela tengah mencapai titik terpanasnya. (AP Photo/Juan Carlos Hernandez)

Pemadaman listrik pada bulan Maret, di mana disebut terburuk dalam beberapa dasawarsa, memengaruhi seluruh 23 negara bagian, dan menyebabkan jutaan orang kehilangan pasokan air dan akses telekomunikasi.

Hal itu memperburuk krisis keuangan yang telah mengurangi separuh nilai perekonomian Venezuela.

"Ini membuat saya takut kami akan kembali menghadapi pemadaman nasional," ujar Maria Luisa Rivero (46) seorang pengusaha asal kota Valencia, di negara bagian Carabobo.

"Hal pertama yang saya lakukan adalah berlari untuk membekukan makanan saya, sehingga tidak memburuk seperti yang terakhir kali terjadi pada bulan Maret. Menghabiskan banyak uang untuk membeli makanan, namun tidak terpakai karena membusuk," katanya.

 

Simak video pilihan berikut: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Warga Balikpapan Serbu Pengobatan Gratis dan Sunatan Massal

Posted: 22 Jul 2019 09:31 PM PDT

Warga mendapatkan pengobatan gratis pada kegiatan bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). Pertamina bekerja sama dengan Bhayangkari mengadakan bakti sosial di wilayah Balikpapan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bayangkari ke-67. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Warga mendapatkan pengobatan gratis pada kegiatan bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). Pertamina bekerja sama dengan Bhayangkari mengadakan bakti sosial di wilayah Balikpapan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bayangkari ke-67. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Seorang anak menjalani sunat massal pada kegiatan bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). Pertamina bekerja sama dengan Bhayangkari mengadakan bakti sosial di wilayah Balikpapan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bayangkari ke-67. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Seorang anak menjalani sunat massal pada kegiatan bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). Pertamina bekerja sama dengan Bhayangkari mengadakan bakti sosial di wilayah Balikpapan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bayangkari ke-67. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Warga mendapatkan pengobatan gratis pada kegiatan bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). Pertamina bekerja sama dengan Bhayangkari mengadakan bakti sosial di wilayah Balikpapan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bayangkari ke-67. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Warga mendapatkan pengobatan gratis pada kegiatan bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). Pertamina bekerja sama dengan Bhayangkari mengadakan bakti sosial di wilayah Balikpapan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bayangkari ke-67. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Bhayangkari Tri Tito Karnavian (kedua kiri) bersama Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang (berbaju batik) berinteraksi dengan warga dalam bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Bhayangkari Tri Tito Karnavian (kedua kiri) bersama Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang (berbaju batik) berinteraksi dengan warga dalam bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Seorang anak menjalani sunat massal pada kegiatan bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). Pertamina bekerja sama dengan Bhayangkari mengadakan bakti sosial di wilayah Balikpapan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bayangkari ke-67. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Seorang anak menjalani sunat massal pada kegiatan bakti sosial di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/7/2019). Pertamina bekerja sama dengan Bhayangkari mengadakan bakti sosial di wilayah Balikpapan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bayangkari ke-67. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp 1,06 Triliun di Semester I 2019

Posted: 22 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi sebesar Rp 3,34 triliun pada Semester I 2019. Angka tersebut tumbuh 15,4 persen dari enam bulan pertama di tahun sebelumnya.

Dikutip dari laporan Jasa Marga, Selasa (23/7/2019), Jasa Marga pada periode ini juga mampu mencatat margin EBITDA sebesar 64,9 persen, lebih tinggi dari Semester I 2018 lalu yang sebesar 60,5 persen. Dari sisi pendapatan usaha di luar konstruksi, Jasa Marga mencatat pendapatan usaha sebesar Rp 5,16 triliun atau meningkat 7,6 persen dari Semester I 2018.

Angka tersebut berasal dari kontribusi pendapatan tol sebesar Rp 4,74 triliun, dimana pendapatan tol tumbuh sebesar 9,2 persen dibandingkan paruh pertama 2018.

Dari total Pendapatan Tol tersebut, kontribusi pendapatan tol di ruas-ruas anak perusahaan sebesar 17,2 persen, tumbuh dibandingkan kontribusi pendapatan tol anak perusahaan di Semester I tahun lalu yang hanya sebesar 12,9 persen.

Kenaikan kontribusi tersebut merupakan dampak positif dari pengoperasian jalan tol baru dan konektivitas jaringan Jalan Tol Trans Jawa di akhir 2018.

Ruas-ruas jalan tol baru juga menyumbang pertumbuhan aset dari sisi Hak Pengusahaan Jalan Tol, sehingga total aset Jasa Marga pada Semester I 2019 tercatat sebesar Rp 89,67 Triliun atau tumbuh sebesar 8,8 persen dari 2018.

 

Laba Bersih

Pengendara mobil melintas pada jalur contra flow di ruas tol Semarang-Bawen, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arus dari Km 426 hingga Km 433 ruas tol Semarang-Bawen untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, pada Semester I 2018 ini, Jasa Marga dapat menjaga laba bersih tetap stabil sebesar Rp 1,06 triliun di tengah mulai beroperasinya jalan tol baru dan masifnya kebutuhan pendanaan untuk penyelesaian konstruksi proyek jalan tol.

Dalam sisi pendanaan, untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan agar tetap solid dan untuk memperkuat struktur permodalan, pada 15 April 2019 lalu Jasa Marga menerbitkan produk alternatif pendanaan berbasis ekuitas yaitu Kontrak Investasi Kolektif Dana Investasi Infrastruktur (KIK DINFRA) yang dicatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia sehingga dapat menjangkau investor institusi maupun retail.

Pada sisi operasional jalan tol baru, Jasa Marga berhasil menambah 41,46 km pengoperasian jalan tol di sepanjang Semester I 2019. Dengan rincian, pengoperasian Jalan Tol Medan-Kualanamu Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah–Tebing Tinggi) sepanjang 9,26 km pada Triwulan I, serta Tol Pandaan-Malang seksi Pandaan-Singosari (30,6 km) dan akses Jalan Tol Gempol-Pandaan sepanjang 1,6 km di Triwulan II.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Minum Jamu Belasan Tahun, Rahasia Bugar Jokowi

Posted: 22 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengungkap rahasia bugar dirinya melalui akun Instagramnya. Ternyata, Jokowi sudah mengonsumsi jamu selama belasan tahun supaya sehat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rey Utami Bersikeras Ingin Berdamai dengan Fairuz A. Rafiq

Posted: 22 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus video ikan asin yang sempat ramai dibicarakan masyarakat belum juga selesai. Terbaru, pihak Rey Utami dan Pablo Benua menyatakan akan menempuh jalan damai dengan Fairuz A. Rafiq.

Hal itu disampaikan oleh tim kuasa hukum Pablo Benua dan Rey Utami, Farhat Abbas, saat ditemui di gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019). Farhat Abbas mengatakan bahwa Pablo Benua dan Rey Utami ingin berdamai dengan Fairuz A. Rafiq.

"Jadi Pablo dan Rey ini buat surat permintaan maaf kepada Fairuz, tujuannya untuk berdamai," kata Farhat Abbas.

Farhat Abbas menambahkan, surat tersebut dibuat sebagai langkah awal Pablo Benua dan Rey Utami untuk bisa berdamai dengan Fairuz A. Rafiq.

"Karena (Pablo dan Rey) harus minta maaf, karena kita menempuh jalur damai dan mediasi (dengan Fairuz). Gimana mau damai kalau tidak minta maaf dulu? Salah satunya adalah meminta maaf telah melukai hati Fairuz," tambahnya.

Pintu Maaf Fairuz

(Fimela.com/Deki Prayoga)

Saat ini proses perdamaian masih terus diupayakan oleh pihak Rey Utami dan Pablo Benua. Harapannya, pihak Fairuz A. Rafiq bisa dengan ikhlas memaafkan kesalahan yang telah diakui dan diperbuat oleh Pablo Benua dan Rey Utami.

"Ya (upaya damai) masih berkembang-lah. Dari mulut ke mulut, semoga bisa dari hati ke hati hingga ke doa. Mudah-mudahan dibuka pintu maaf," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waketum PAN: Kami Betul-Betul Ingin Gabung Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Posted: 22 Jul 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menegaskan saat ini PAN ingin bergabung dengan koalisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Ide power sharing 55-45 itu bertentangan dengan sistem presidensial. Jadi kami ingin betul-betul ingin bergabung untuk membantu pemerintahan Jokowi," ucap Bara di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Bara juga menilai apa yang diucapkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan adalah sikap resmi PAN. Terutama bagian mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf tanpa syarat apapun sebagai pemenang Pilpres 2019.

"Posisi PAN ingin bergabung tanpa ada persyaratan. Itu merupakan sikap resmi PAN. Karena pada dasarnya kami menghormati Pak Jokowi sebagai pemenang pilpres," ungkapnya.

Terkait pembagian jatah kabinet, Bara menegaskan itu adalah hak prerogratif Presiden Jokowi. Bara menilai ide bagi-bagi kursi juga bertentangan dengan sistem presidensial.

"Sistem presidensial itu presiden memiliki otoritas dan prerogatif untuk membentuk kabinet," ujarnya.

"Itu hak presiden jika misal pemerintahan lebih kuat jika partai-partai lain bergabung. Tapi kalau dianggap tidak butuh, itu juga haknya. Jadi kami sadar dengan kenyataan tersebut. Jadi kami tidak mengajukan conditions apa-apa. Ide power sharing 55-45 itu bertentangan dengan sistem presidensial," sambungnya.

Ide bagi-bagi kursi 55-45 yang diajukan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais disebut Bara bukan sikap partai.

"Sekarang ini kan komunikasi dengan Pak Jokowi dan partai-partai koalisi Jokowi ya dengan individu. Jadi ide itu memang missleading," ucapnya.

Dukungan Tanpa Syarat

Sebelumnya, Zulkifli Hasan sepakat dengan ucapan Amien Rais yang mengaku akan memberi kesempatan kepada presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjalani pemerintahan selama lima tahun ke depan. Namun, kata dia, dukungan seharusnya diberikan tanpa syarat apapun.

"Saya menanggapi yang tadi aja, kesempatan lima tahun kata Pak Amien, saya mengatakan kita dukung Pak Jokowidan kita doakan biar sukses. Udah," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

"Enggak pakai syarat-syarat. Ingat yang berdaulat itu rakyat, rakyat itu yang sudah memberikan kedaulatan kepada presiden terpilih, elected. Siapa yang berdaulat sekarang? Pak Jokowi sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara," sambungnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: