Kamis, 25 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadi Sorotan, Ini 6 Potret Randi Bachtiar Saat Gendong Anak

Posted: 25 Jul 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebritis Tasya Kamila dan Randi Bachtiar sedang menikmati peran barunya sebagai orang tua. Pasangan yang menikah pada 5 Agustus 2018 lalu itu telah dikaruniai anak pertama yang lahir pada 13 Mei 2019 lalu.

Bayi berjenis laki-laki itu diberi bernama Arrasya Wardhana Bachtiar. Baik Tasya maupun Randi kerap membagikan momen bersama sang anak. Tasya Kamila dan Randi Bachtiar juga kerap kali membawa anak pertamanya tersebut liburan ke luar negeri.

Baru-baru ini Tasya Kamila dan Randi Bachtiar membagikan momen liburan bersama sang anak saat menikmati objek wisata di kawasan Selangor, Malaysia. Hal itu diketahui dari unggahan Randi di akun Instagram pribadinya. Tampak Tasya dan Randi serta sang sedang berada di Batu Caves Temple, Selangor.

Menariknya, dalam foto tersebut, tampak Randi sedang menggendong sang anak. Cara menggendong Randi dengan hanya satu tangan menjadi perhatian netizen. Banyak yang beranggapan cara mengendong bayi oleh suami Tasya Kamila tersebut cukup bikin ngeri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 potret Randi Bachtiar suami Tasya Kamila saat gendong anak yang jadi sorotan netizen, Jumat (26/7/2019).

1. Tasya Kamila dan Randi Bachtiar baru saja dikaruniai anak pertama mereka yang bernama Arrasya Wardhana Bachtiar.

View this post on Instagram

Family day out 👪

A post shared by Tasya Kamila (@tasyakamila) on

4. Kerap kali Randi Bachtiar mendapat sorotan netizen saat ia menggendong sang anak.

5. Cara Randi Bachtiar menggendong anak dengan satu tangan kerap menjadi perhatian.

6. Potret Bahagia keluarga kecil Tasya dan Randi.

View this post on Instagram

1st baby's trip overseas 🥰

A post shared by Randi W Bachtiar (@randibachtiar) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Robby Ertanto, Sutradara Berbakat yang Tertangkap karena Narkoba

Posted: 25 Jul 2019 09:50 PM PDT

Terlahir dengan nama Robby Ertanto Soediskam. Robby diketahui tengah dekat dengan Jefri Nichol untuk sebuah proyek film. (Liputan6.com/IG/ertantorobbysoediskam)

Terlahir dengan nama Robby Ertanto Soediskam. Robby diketahui tengah dekat dengan Jefri Nichol untuk sebuah proyek film. (Liputan6.com/IG/ertantorobbysoediskam)

Robby Ertanto merupakan lulusan dari Institut Kesenian Jakarta. Ia mendirikan rumah produksinya sendiri yang diberi nama Anak Negeri Film. (Liputan6.com/IG/ertantorobbysoediskam)

Robby Ertanto merupakan lulusan dari Institut Kesenian Jakarta. Ia mendirikan rumah produksinya sendiri yang diberi nama Anak Negeri Film. (Liputan6.com/IG/ertantorobbysoediskam)

Robby Ertanto sendiri diketahui merupakan sutradara dari film biopik Ellyas Pical, The Exocet yang mana juga dibintangi oleh Jefri Nichol.(Liputan6.com/IG/ertantorobbysoediskam)

Robby Ertanto sendiri diketahui merupakan sutradara dari film biopik Ellyas Pical, The Exocet yang mana juga dibintangi oleh Jefri Nichol.(Liputan6.com/IG/ertantorobbysoediskam)

Penangkapan sutradara Robby Ertanto mau tak mau pun membuat proses pengambilan gambar untuk film The Exocet tertunda. (Liputan6.com/IG/ertantorobbysoediskam)

Penangkapan sutradara Robby Ertanto mau tak mau pun membuat proses pengambilan gambar untuk film The Exocet tertunda. (Liputan6.com/IG/ertantorobbysoediskam)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anthony Ginting Gagal Melangkah ke Semifinal Jepang Terbuka 2019

Posted: 25 Jul 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Duel sengit terjadi saat tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting bertemu lawan tangguh Kento Momota pada perempat final Jepang Terbuka 2019, Jumat (26/7/2019).

Pada pertandingan yang digelar di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Jepang, akhirnya Momota kembali mengalahkan Anthony rubber set 21-13, 20-22 dan 21-15. Momota pun lolos ke partai semifinal Jepang Terbuka 2019.

Anthony harus berjuang keras melawan unggulan pertama plus pemain andalan tuan rumah, Momota. Mendapat dukungan dari penonton, Momota tampil agresif dan terus melaju dalam pengumpulan angka. Set ini pun ditutup di angka 21-13 untuk Momota.

Pertandingan alot terjadi di set kedua. Anthony dan Momota saling kejar dalam pengumpulan angka. Setelah sempat tertinggal 5-9, Anthony memperkecil skor menjadi 9-10.

Anthony dan Momota cukup agresif di game ini. Keduanya memainkan bola-bola panjang dan dan mengakhirnya dengan smash-smash mematikan.

Saat poin imbang 13-13 Anthony dan Momota sedikit memperlambat tempo permainan. Tapi, Momota kembali unggul dua angka.

Memanfaatkan kesalahan lawannya, Anthony berhasil mengejar ketinggalan, bahkan melewatinya dua poin.

Pertandingan semakin seru setelah kedua pebulutangkis ini mencapai angka sama 20-20. Anthony akhirnya berhasil menyelesaikan set ini dengan skor 22-20.

Di awal set ketiga Anthony sempat memimpin 5-3. Namun, Momota kembali memberikan perlawanan sengit dan berbalik unggul 12-11.

Anthony kembali banyak kehilangan angka lewat pertarungan di depan net. Momota unggul 18-15 sebelum akhirnya mengakhiri pertandingan ini dengan skor 21-15 dan berhak maju ke semifinal Jepang Terbuka 2019.

Tampil Cemerlang

Pada pertandingan sebelumnya, Tommy Sugiarto harus tersingkir dari ajang Jepang Terbuka 2019. Pebulu tangkis Indonesia itu kalah dari tunggal putra India, Sai Praneeth Bhamidipati di perempat final. Tommy Sugiarto kalah secara straight set dari Sai Praneeth.

Sebaliknya, ganda campuran Indonesia Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti tampil cemerlang di perempat final Japan Open, Jumat (26/7/2019). Praven / Melati hanya membutuhkan 31 menit untuk kalahkan ganda campuran Thailand, Dechapol Puavaranukroh / Sapsire Taerattanachai.

Praven / Melatih menang dua set 21-15 21-15 atas Dechapol / Sapsiree. Dengan kemenangan di Japan Open ini, rekor pertemuan dua pasangan ganda campuran ini menjadi 2-2.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Gandeng TNI Amankan Aset Negara

Posted: 25 Jul 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) dan TNI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk menunjang kegiatan operasi perusahaan dan pertahanan negara.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, kerjasama ini meliputi penguatan kegiatan teritorial TNI, pengamanan objek vital nasional strategis dan objek lainnya, bantuan data dan informasi.

Ruang lingkup lain dalam kerjasama ini adalah penegakan hukum terhadap oknum TNI, pelatihan dan pemanfaatan fasilitas, serta penyaluran bantuan tanggung jawab osial lingkungan untuk kepentingan negara.

"Penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan kelanjutan MoU yang sudah berjalan sebelumnya yang akan diturunkan menjadi sejumlah perjanjian kerja sama (PKS)," kata Nicke di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Menurutnya, sebagai perusahaan energi terbesar milik negara, Pertamina memiliki aset strategis yang besar dan luas untuk membangun kemandirian energi nasional. Ia berharap sinergi dan hubungan harmonis antara Pertamina bersama TNI dapat terus terjalin dengan baik ke depannya.‎

 

Aset Pertamina

Petugas lapangan memantau Area Tanki LPG (Spherical Tank) di kawasan kilang RU V Balikpapan, Kalimantan, Kamis (14/05). Kilang RU V merupakan kilang pengolahan minyak Pertamina terbesar ke-2 di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Aset Pertamina yang diklasifikasikan sebagai objek vital nasional (obvitnas) tersebut tercatat mulai dari aset eksplorasi dan produksi, kilang pengolahan, perkapalan dan pipa distribusi, penyimpanan, transportasi, serta bahan bakar minyak dan gas serta stasiunnya. Aset tersebut tersebar di darat dan laut, di seluruh Indonesia maupun beberapa negara di dunia.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada TNI yang senantiasa mendukung keamanan dan kelancaran aktivitas operasional bisnis dan aset Pertamina," tutur Nicke.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Hadir pula Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yayu Sutisna, Direksi Pertamina, dan direksi anak perusahan Pertamina.

Pertamina Jajaki Kerja Sama dengan Perusahaan Migas UEA

Langit Biru yang berpadu dengan Gedung Pertamina Pusat (dok. Linda)

Pertamina dan The Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) menandatangani Comprehensive Strategic Framework (CSF), untuk menjajaki peluang kerjasama di seluruh mata rantai bisnis minyak dan gas baik di Uni Emirat Arab (UEA), Indonesia serta internasional.

Penandatanganan perjanjian dilakukan oleh Menteri Negara UEA dan CEO ADNOC Group Sultan Ahmed Al Jaber dan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Nicke mengatakan, dengan perjanjian ini, Pertamina dan ADNOC akan menjajaki peluang kerjasama di sektor hulu hingga hilir. Proyek yang menjadi pertimbangan termasuk partisipasi di sektor hulu migas UAE, kilang, petrokimia, LNG, LPG, Avtur dan bisnis ritel migas di Indonesia.

"Selain itu, kedua belah pihak akan menjajaki berbagai bentuk kolaborasi strategis lainnya," kata Nicke, di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Pertamina terus memperluas bisnisnya di luar negeri dan memasarkan berbagai jenis produk seperti bahan bakar, pelumas, LPG, LNG, dan petrokimia.

Pertamina memiliki enam kilang minyak dengan kapasitas produksi 1,1 juta barel minyak per hari (mmbpd). Saat ini, Pertamina juga sedang mengembangkan energi baru dan terbarukan dari berbagai sumber potensial di Indonesia.

Dia melanjutkan, Pertamina berencana untuk mengembangkan kapasitas kilang tambahan 1 juta barel per hari melalui proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) and Grass Root Refineries (GRR).

"Kemitraan dengan ADNOC akan menjadi tonggak penting bagi Pertamina untuk mengamankan pasokan energi dari luar negeri. Minat ADNOC untuk berpartisipasi dalam bisnis migas di Indonesia merupakan dukungan yang sangat berarti bagi Pertamina untuk memastikan availability and accessibility energi," papar Nicke.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berulang Tahun, Paskibraka 2019 Asal Kepri Dapat Kejutan dari Menpora

Posted: 25 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora), Imam Nahrawi, memiliki cara yang unik untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi calon Paskibraka Nasional 2019 asal Kepulauan Riau, Wiwik Yulianti.

Usai resmi menjalani upacara pembukaan Diklat Paskibraka 2019, siswi SMA Negeri 1 Senayang itu tiba-tiba menjadi target untuk ditanyai oleh Menpora.

"Apa cita-cita kamu?" tanya Imam kepada Wiwik di Wisma Menpora, Jakarta, Jumat (26/7/2019) pagi.

"Siap, jadi polwan (polisi wanita)," jawab Wiwik lantang.

"Kalau begitu, siapa nama pembawa acara polwan sekarang?" balas Imam.

Wiwik pun sontak kebingungan. Tak lama setelah itu, dia diminta berdiri di tengah ruangan dan menghadap ke seluruh peserta.

Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, Ibnu Hasan lalu maju ke depan dan mulai berakting kecewa terhadap Wiwik. Imam sesekali berkomentar bahwa Wiwik harusnya lebih peduli untuk tahu nama personel polisi yang ada di dalam upacara.

Ketika Wiwik mulai terlihat agak sedih dan seperti ingin menangis, Imam tiba-tiba mengucapkan selamat ulang tahun.

"Wah ternyata ulang tahun, ini dia kuenya datang," ujar Imam, yang kemudian disusul tangisan lega dan bahagia dari Wiwik.

 

Calon Paskibraka Nasional 2019 asal Kepulauan Riau, Wiwik Yulianti, dapat kejutan dari Menpora Imam Nahrawi. (Foto: Ratu Annisaa/Liputan6.com)

Sangat Berkesan

Calon Paskibraka Nasional 2019 asal Kepulauan Riau, Wiwik Yulianti.

Wiwik pun meniup kue ulang tahunnya disertai iringan lagu "Selamat Ulang Tahun" yang dinyanyikan peserta Diklat Paskibra 2019 lainnya. Mereka semua lalu berpelukan hangat dan saling tertawa bersama.

"Terima kasih kepada Bapak Menteri Imam Nahrawi, terima kasih buat semua yang udah ngerjain saya. Terima kasih buat doanya," ucap Wiwik sambil tersenyum lebar.

"Perasaannya takut (tadi). Pengen nangis rasanya," lanjut Wiwik sembari tertawa kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank bjb Raih Penghargaan Indonesia Best Public Companies 2019

Posted: 25 Jul 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbagai prestasi terus dicatatkan oleh bank bjb. Memasuki Semester II tahun 2019, bank bjb berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Public Companies 2019 dalam acara Wealth Added Creator Award 2019.

Event yang dihelat Majalah SWA serta Stern Stewart & Co. dan didukung Swanetwork merupakan yang ke-16 kalinya diselenggarakan. Penghargaan yang diraih kali ini mengulangi prestasi gemilang bank bjb yang dicatatkan dalam ajang serupa pada tahun lalu.

Bank bjb didapuk sebagai salah satu pemenang kategori Indonesia The Best Public Companies based on WAI (overall) 2019 dan Indonesia The Best Public Companies based on WAI  2019 Kategori Industri Bank. Dua penghargaan prestisius ini diterima oleh Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi bertempat di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (25/7).

"Penghargaan sebagai perusahaan terbaik ini merupakan bukti nyata apresiasi publik terhadap kinerja bank bjb luar biasa yang ditunjukkan bank bjb selama ini. Penghargaan ini akan menjadi pelecut semangat bagi kami untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang," kata Yuddy.

Awarding Ceremony ini diperuntukkan bagi perusahaan yang masuk dalam Top 26 Wealth Added Index (WAI) 2019 dari 100 perusahaan yang masuk dalam SWA 100 dengan kinerja WAI positif. WAI sendiri merupakan sebuah metode perhitungan yang dikembangkan oleh perusahaan konsultasi skala global Stern Stewart & Co.

Pemeringkatan 100 perusahaan publik terbaik tersebut dilakukan dengan terlebih dahulu memilih 100 perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar. Setelah itu, kinerja perusahaan dihitung dengan menggunakan metode WAI dari tahun 2006 hingga 2019. Stern Stewart & Co menghitung sejumlah instrumen data sebagai alat ukur perusahaan terbaik, antara lain harga saham, kapitalisasi pasar dan cost of equity yang dihitung dengan metode lembaga konsultasi tersebut.

WAI adalah sebuah metriks yang digunakan untuk mengukur kekayaan yang diciptakan oleh perusahaan untuk pemegang sahamnya. Kekayaan ini bisa diperoleh jika return yang dihasilkan perusahaan melebihi cost of equity-nya.

Saat ini bank dengan kode emiten BJBR ini tercatat sebagai 15 bank terbesar di Indonesia. BJBR merupakan salah satu emiten yang bergerak di industri jasa keuangan khususnya perbankan. Sejak melantai di IDX pada tanggal 2010 silam, saham BJBR terus mengalami kenaikan dan masuk ke dalam saham indeks LQ45. Dimana LQ 45 merupakan salah satu indeks di Bursa Efek Indonesia (BEI), dimana indeks tersebut diperoleh dari perhitungan 45 emiten dengan seleksi kriteria seperti penilaian atas likuiditas serta dengan mempertimbangkan kapitalisasi dari pasar. Hal ini menunjukan cemerlangnya kinerja bank bjb dari waktu ke waktu.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Exclusive Live Streaming Arema FC vs Bhayangkara FC di Vidio

Posted: 25 Jul 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arema FC siap menjamu Bhayangkara FC pada lanjutan Shopee Liga di Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, Jumat (26/7/2019). Tiga poin pun menjadi target utama mereka.

Arema FC memang berambisi bangkit. Pada akhir pekan lalu, mereka menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah Madura United. Kekalahan ini sekaligus menghentikan catatan tiga kemenangan beruntun yang sebelumnya diraih.

Namun, misi itu tidak mudah. Meski bermain di kandang sendiri, Bhayangkara FC juga punya tekad yang sama. Pada pertandingan sebelumnya, Bhayangkara dipermalukan Persipura Jayapura di kandang sendiri.

Persamaan misi tersebut akan membuat pertemuan ini lebih menarik, meski dari klasemen sementara, Bhayangkara di papan atas dan unggul tujuh level dari Arema.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan exclusive live streaming Arema FC vs Bhayangkara FC dan laga-laga Shopee Liga 1 2019 lainnya di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

Dapatkan diskon Rp 5 ribu dengan menggunakan kode vocher "VIDIO5K" di link berikut ini....

Prediksi Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Utam Rusdiana (kiper): Agil Munawar, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Alfarizi (belakang); Jayus Hariono, Hendro Siswanto; Makan Konate (tengah); Dendi Santoso, Sylvano Comvalius, Dedik Setiawan (depan).

Pelatih: Milomir Seslija

Bhayangkara FC (4-2-1-3): Awan Setho (kiper); Putu Gede, Anderson Salles, Jajang Mulyana, Fathcu Rochman (belakang); M. Hargianto, Wahyu Subo; Flavio Junior (tengah); Dendi Sulistyawan, Dzumafo, Nur Iskandar (depan).

Pelatih: Angel Alfredo Vera

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejutan, Hafiz / Gloria Lolos ke Semifinal Japan Open 2019

Posted: 25 Jul 2019 09:41 PM PDT

Tokyo - Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja membuat kejutan di Japan Open 2019. Ganda campuran Indonesia itu melaju ke semifinal usai mengalahkan unggulan pertama, Zheng Siwei / Huang Yaqiong dari Tiongkok.

Hafiz / Gloria mengalahkan Zheng / Huang dengan rubber game di perempat final Japan Open 2019. Mereka menang 21-17, 15-21, dan 21-19 dalam waktu 55 menit.

Hafiz / Gloria tampil percaya diri. Pada set pertama, pasangan yang menempati unggulan enam itu bergantian unggul dari lawannya.

Perebutan poin berlangsung ketat. Silih berganti unggul, Hafiz / Gloria mencoba meningkatkan tempo ketika skor 16-16.

Pada akhirnya, perjuangan Hafiz / Gloria membuahkan hasil. Mereka mengunci set pertama dengan kedudukan 21-17.

Zheng / Huang bangkit pada set kedua. Mereka mendominasi pertandingan dan menunjukkan superioritas atas Hafiz / Gloria.

Setelah mengatasi perlawanan Hafiz / Gloria, Zheng / Huang bisa mengahiri set kedua dengan kemenangan 21-15. Laga berlanjut ke rubber set untuk menentukan pemenang.

Pada set penentuan, Hafiz / Gloria mampu menunjukkan kehebatan dengan menumbangkan Zheng / Huang Yaqiong. Mereka menang 21-19 dan memastikan tempat di semifinal Japan Open 2019.

Perjalanan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja pada Jepang Terbuka 2019

Putaran Pertama

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja Vs Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai (Malaysia) : 21-19, 21-18

Putaran Kedua

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja Vs Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) : 21-23, 21-13, 21-13

Perempat Final

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja Vs Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China): 21-17, 15-21, 21-19

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalani Ijab Kabul, Tania Nadira Mendapat Maskawin Uang Sebesar Rp 260 Ribu

Posted: 25 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tania Nadira, mantan istri Tommy Kurniawan, resmi melepas status janda. Ia melangsungkan ijab kabul di Gedung Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2019).

Janda dua anak ini dinikahi sang kekasih Abdulla Alwi Alaydrus secara tertutup. Hanya keluarga dan kerabat dekat Tania Nadira dan Abdulla yang hadir dalam pernikahan yang didominasi warna putih tersebut.

Lantaran Tania Nadira dan Abdulla Alwi Alaydrus sama-sama keturunan Arab, ijab kabul pun dilakukan dengan menggunakan bahasa Arab.

 

Maskawin

[Foto: Instagram Ayu Ting Ting]

Pada pernikahan kali ini, Tania Nadira mendapat maskawin dari Abdulla Alwi Alaydrus uang senilai Rp 260 ribu. Hal itu disampaikan penghulu usai ijab kabul.

"Nih maharnya," sambil menunjukan data KUA soal maskawin pernikahan Tania dan Abdullah Alwi.

 

Resepsi Pernikahan

[Foto: Instagram Bennu Sorumba]

Usai ijab kabul, Tania Nadira dan Abdulla Alwi tak langsung menggelar resepsi pernikahan. Keduanya baru akan melangsungkan acara tersebut pada 3 Agustus 2019 mendatang di Hotel Kempinski, Jakarta pada pukul 19.00 WIB.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pesepak Bola Belanda yang Sukses di Barcelona

Posted: 25 Jul 2019 09:35 PM PDT

Barcelona - Frenkie de Jong menjadi salah satu pemain anyar Barcelona yang bernilai. Ia sudah membuat debutnya bersama Blaugrana.

De Jong tampil cukup mengesankan bagi Barcelona dalam pertandingan pramusim melawan Chelsea. Ia diyakini bisa menjadi pemain kunci The Catalan pada musim depan.

Pemain berusia 22 tahun itu mencapai kesepakatan dengan klub Catalan pada bulan Januari. Para penggemar tentunya sudah tidak sabar untuk melihat seluruh kemampuannya.

Barcelona sendiri harus merogoh koceknya dalam-dalam untuk mendatangkan De Jong. Sang pemain ditebus dengan biaya yang mencapai 75 juta euro.

De Jong menjadi pemain Belanda ke-20 yang pindah ke Camp Nou dalam sepanjang sejarah klub yang berusia 119 tahun. Ia pun tentu saja diharapkan bisa meneruskan kesuksesan para pendahulunya.

Berikut ini tiga pemain terbaik Belanda yang pernah mengenakan kostum Barcelona seperti dilansir Madaboutepl.

Johan Cruyff

Foto Johan Cruyff muda di pemakamannya. (AFP/Evert Elzinga)

Transfer Johan Cruyff ke Barcelona akan tercatat sebagai momen paling signifikan dalam sejarah sepakbola. Sebab, efek dari transfer itu masih terus mempengaruhi dunia sepakbola hingga hari ini.

Cruyff pindah dari Ajax ke Barcelona pada musim panas 1973 dengan nilai transfer 2 juta euro. Itu bisa dibilang transfer yang cukup mahal pada saat itu.

Dia membuat 139 penampilan dan mencetak 47 gol untuk klub Catalan pada era di mana kasta tertinggi sepak bola Spanyol didominasi oleh rival abadinya Real Madrid.

Pria asal Belanda itu berhasil mempersembahkan gelar La Liga pada musim debutnya. Hal itu membuat Blaugrana mulai meraih kejayaan domestik setelah 13 tahun yang suram.

Cruyff juga memenangkan pemain terbaik Eropa tahun 1974. Ia mengangkat Piala Spanyol di musim pamungkasnya sebelum pindah ke Los Angeles Aztecs pada 1978.

   

Ronald Koeman

Ronald Koeman (AFP/Toru Yamanaka)

Manajer Belanda saat ini itu adalah bagian penting dari Dream Team asuhan Cruyff di Barcelona yang membuat para penggemar kagum dengan gaya permainan 'Juego de Posicion' mereka.

Koeman mencetak salah satu gol terpenting dalam sejarah Barcelona. Golnya itu membuat Blaugrana mengangkat trofi Liga Champions pertama mereka pada 1992.

Koeman tiba dari PSV Eindhoven dengan biaya 5,67 juta euro, tampil dalam 192 pertandingan dan mencetak 67 gol untuk klub. Dia juga mengangkat 10 trofi termasuk 4 gelar liga selama 6 tahun bermain di Camp Nou.

Koeman menyelesaikan musim 1993-94 sebagai pencetak gol terbanyak sebelum meninggalkan klub untuk Feyenoord pada tahun 1995.

Patrick Kluivert

Patrick Kluivert mencetak 5 gol dan meraih sepatu emas Piala Eropa 2000, namun Belanda gagal menjadi juara setelah kalah adu penalti dari Italia di semifinal. (www.squawka.com)

Yang terbaru dari ketiganya, Kluivert tiba di Barcelona dari AC Milan pada tahun 1998. Sang striker direkrut dengan biaya yang mencapai 20 juta euro.

Kluivert total membuat 182 penampilan untuk raksasa Spanyol tersebut. Ia mencetak 89 gol selama enam musim di Camp Nou.

Kluivert mengangkat satu-satunya gelar liga pada musim debutnya. Ia meninggalkan klub untuk Newcastle United dengan status bebas transfer pada tahun 2004.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Dukung Penuh Pemberlakuan Kembali Hukuman Mati

Posted: 25 Jul 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Pemerintah federal Amerika Serikat (AS) akan kembali melakukan eksekusi hukuman mati setelah absen selama 16 tahun, kata kementerian kehakiman setempat.

Jaksa Agung William Barr mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah mengarahkan Biro Penjara (BOP) untuk menjadwalkan eksekusi lima narapidana.

Dikutip dari BBC pada Jumat (26/7/2019), Barr mengatakan lima orang telah dijatuhi hukuman mati kasus pembunuhan dan pemerkosaan anak-anak atau orang tua.

Eksekusi telah dijadwalkan oleh otoritas hukum AS pada Desember 2019 dan Januari 2020. Presiden Donald Trump dikabarkan mendukung keputusan tersebut, dan bahkan mengajukan usulan yang dinilai ekstrem. 

"Di bawah kebijakan kedua pihak, Kementerian Kehakiman telah meminta hukuman mati terhadap penjahat terburuk," kata Barr dalam sebuah pernyataan.

"Kementerian Kehakiman menegakkan aturan hukum, dan kami berutang kepada para korban dan keluarga mereka untuk meneruskan hukuman yang dijatuhkan oleh sistem peradilan kami," lanjutnya menegaskan.

Pengumuman Barr mencabut moratorium hukuman mati federal --yang bertentangan dengan eksekusi yang diarahkan oleh negara-- sejak eksekusi pada 2003 lalu terhadap Louis Jones Jr, seorang veteran Perang Teluk berusia 53 tahun, yang terbukti bersalah membunuh seorang prajurit 19 tahun, Tracie Joy McBride.

Keputusan yang Tidak Mengejutkan

Ilustrasi palu hakim pengadilan. (Sumber Pixabay)

Robert Dunham dari Pusat Informasi Hukuman Kematian mengatakan keputusan itu tidak mengejutkan.

"Presiden Trump adalah pendukung hukuman mati, dan telah mengusulkan beberapa penggunaan ekstremnya, termasuk menyasar pengedar narkoba dan untuk semua pembunuhan yang melibatkan petugas polisi negara bagian dan lokal," kata Dunham.

"Jadi, tidak mengherankan bahwa dia (Trump) akan berusaha melakukan eksekusi. Saya pikir kejutan terbesar adalah bahwa itu membutuhkan waktu lama untuk kembali diaktifkan," lanjutnya.

Sementara itu, Uni Kebebasan Sipil Amerika (ACLU) mengatakan fakta bahwa eksekusi dijadwalkan begitu dekat, menimbulkan "pertanyaan serius tentang keadilan untuk masing-masing kasus".

"Kami perlu waktu untuk mempertimbangkan dan meninjau kasus, dan sama sekali tidak ada dasar untuk menyatukan kasus-kasus dengan cara ini, lalu bergegas ke depan, itu konyol," kata Cassy Stubbs dari kelompok itu.

78 Orang Terancam Hukuman Mati

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Di bawah sistem peradilan AS, kejahatan dapat diadili di pengadilan federal --setara nasional-- atau di pengadilan negara bagian.

Kejahatan tertentu yang berlaku secara nasional, seperti pemalsuan mata uang atau pencurian surat, secara otomatis diadili di tingkat federal, sementara yang lain diadili di pengadilan federal berdasarkan beratnya kejahatan.

Hukuman mati dilarang di tingkat negara bagian dan federal oleh keputusan Mahkamah Agung tahun 1972, yang membatalkan semua statuta sanksi terkait yang ada.

Keputusan Mahkamah Agung tahun 1976 mengembalikan hukuman mati ke sejumlah negara bagian, dan pada 1988, pemerintah AS mengeluarkan undang-undang yang membuat hukuman mati berlaku lagi di tingkat federal.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Pusat Informasi Hukuman Kematian, 78 orang dijatuhi sanksi tersebut dalam kasus-kasus federal antara 1988 dan 2018, tetapi hanya tiga yang telah dieksekusi sejak itu.

Ada 62 tahanan saat ini berada dalam ancaman hukuman mati di tingkat federal.

Penggunaan Obat Tunggal Pentobarbital

Ilustrasi penjara (iStock)

Barr menjelaskan bahwa kemungkinan besar otoritas penjara akan menggunakan obat tunggal Pentobarbital, sebagai pengganti prosedur tiga obat yang sebelumnya digunakan dalam eksekusi hukuman mati di tingkat federal.

Ini adalah obat penenang berdosisi tinggi yang memperlambat kinerja tubuh, termasuk sistem saraf, hingga titik kematian.

Lima eksekusi yang dijadwalkan akan dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan AS di Terre Haute, Indiana, dan eksekusi tambahan akan dilakukan di kemudian hari, kata kementerian kehakiman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laba Anjlok 99 Persen, Nissan Bakal PHK 12.500 Karyawan

Posted: 25 Jul 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, alami masa sulit. Perusahaan mengumumkan penurunan laba pada kuartal II 2019 hingga 99 persen dibanding kuartal sebelumnya. Dilaporkan pula, pendapatan perusahaan turun 13 persen dibanding tahun lalu, dikutip dari CNN, Jumat (26/7/2019).

Oleh sebab itu, Nissan berencana akan memangkas 12.500 karyawan yang tersebar di seluruh dunia, jumlah yang lebih besar dua kali lipat dibanding dengan rencana awal yang dirumuskan Mei lalu.

Selain itu, Nissan juga berencana mengurangi produksi setidaknya 10 persen pada akhir tahun fiskal 2020.

"Ini hanya gambaran kasar, namun fasilitas luar negeri yang mengalami rugi akan jadi target utama (pengurangan jajaran produk)," ujar sang CEO, Hiroto Saikawan dalam presentasinya.

Tunda Produksi di Indonesia

Nissan Livina (M Syukur/ Liputan6.com)

Imbasnya, Nissan akan menghentikan sementara rencana produksi di Indonesia dan Spanyol. Bahkan tahun ini perusahaan menghentikan produksi 2 mobil mewah di Britania Raya.

Seperti pabrikan mobil lainnya, Nissan juga mengalami banyak tantangan. Ekonomi global melukai nilai penjualan dan perang dagang Amerika Serikat dengan China menjadi resiko terbesar. Kemudian, adanya standar emisi baru yang membuat perusahaan harus beradaptasi demi kepentingan lingkungan.

Nissan telah kehilangan pasar di Amerika dan Eropa. Penjualan kuartal pertama di Amerika turun 0,2 persen dari 8,1 persen menjadi 7,9 persen. Di Eropa, termasuk Rusian, angka penjualan lebih dari 16 persen dibanding kuartal yang sama di tahun lalu.

Ditambah, tahun lalu terjadi skandal yang menimpa mantan CEO, Charlos Ghosn di Tokyo dan proses hukumnya belum selesai hingga sekarang. Meski Nissan membantah tuduhan itu, tetap saja sentimen yang didapat negatif dan membuat ketegangan besar pada aliansi Nissan, Renault dan Mitsubishi Motors.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Transformasi Cut Meyriska, dari Gadis Cilik Hingga Mantap Berhijab

Posted: 25 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesinetron cantik Cut Meyriska tengah menjadi sorotan publik. Dara kelahiran Medan, 26 tahun silam itu tak lama lagi akan melepas masa lajangnya setelah melabuhkan hatinya kepada Roger Danuarta.

Melalui kanal YouTube Cut Meyriska Official, Cut Meyriska mengunggah momen lamarannya yang dilangsungkan di kawasan Puncak, pada Kamis (25/7/2019). Usut punya usut, lamaran tersebut telah dilakukan Roger Danuarta sejak 16 April 2019 lalu. Sontak saja video YouTube tersebut menjawab tuntas semua pertanyaan tentang status keduanya.

Seperti diketahui, baik Cut Meyriska maupun Roger Danuarta terbilang cukup tertutup dengan jalinan asmara mereka. Cut Meyriska memang lebih menutup diri sejak memutuskan untuk berhijrah.

Ketika ditanya tentang gosip hubungannya dengan Roger Danuarta, dara yang akrab disapa Chika itu tak banyak merespons melainkan hanya meminta doa yang terbaik dari publik. Sejak tampil berhijab, banyak perubahan yang terjadi pada penampilan Cut Meyriska.

Jika dahulu ia dikenal lewat peran antagonisnya, kini Cut Meyriska telah menjelma menjadi sosok wanita anggun yang siap dipinang oleh Roger Danuarta. Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan 7 potret transformasi Cut Meyriska, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (26/7/2019).

1. Sejak kecil, Cut Meyriska sudah terbiasa tampil di atas panggung bertatap muka dengan banyak orang.

Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

2. Aura bintang Cut Meyriska sudah tampak sejak ia masih duduk di taman kanak-kanak.

Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

3. Beranjak dewasa, Cut Meyriska mulai suka berdandan dan berfoto selfie layaknya anak muda pada umumnya.

Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

4. Karier Cut Meyriska di dunia peran semakin gemilang, terbukti dari torehan penghargaan yang banyak ia ukir.

Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

5. Sebelum mantap berhijrah, Cut Meyriska memang acapkali berpenampilan dalam balutan hijab.

Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

6. Cut Meyriska yang dulu dikenal dengan peran antagonisnya kini menjelma menjadi sosok wanita anggun yang berhijab.

Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

7. Tak lama lagi, Cut Meyriska segera melepas masa lajangnya dengan melabuhkan hatinya kepada Roger Danuarta.

Cut Meyriska (Sumber: Instagram/rogerojey)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Teroris Kirim Paket Bom, Ledakkan Pos Polisi di Chili

Posted: 25 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kiriman paket bom meledak di pos polisi Santiago Chili, 5 polisi terluka. Pemerintah Chili memastikan ini adalah serangan teroris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Anies Baswedan Tandatangani Imbauan Larangan Distribusi Daging Kurban Pakai Plastik

Posted: 25 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jakarta Anies Baswedan melarang warga DKI menggunakan plastik sekali pakai sebagai wadah distribusi daging kurban. Hal ini dipertegas Anies dengan penandatanganan aturan tersebut semalam.

"Jadi saya menandatangani hari ini, bukan instruksi gubernur, tapi seruan gubernur kepada seluruh masyarakat terkait dengan penyelenggaraan Idul Adha untuk menggunakan pembungkus tidak dari plastik sekali pakai, tapi dari bahan bisa didaur ulang," kata Anies di Jakarta, Kamis 25 Juli 2019, malam.

Soal penjualan hewan kurban yang biasa ditemukan di trotoar jalan ibu kota, Anies menegaskan siap diatur oleh wali kota masing-masing wilayah.

"Jadi nanti segala macamnya ditata, wali kota sedang atur," jelas Anies.

Penataan ini, lanjut Anies Baswedan, bukan untuk melarang mereka mencari nafkah. Hanya saja tata letak mereka ditempatkan sedemikian rupa agar tak mengganggu pengguna jalan, khususnya pejalan kaki.

"Diatur sehingga tidak menggangu lalin orang, kendaraan. Mereka tetap bisa berdagang di tempat yang mudah dijangkau. pak walkot yang nentukan," terang Anies.

Terakhir, Anies juga mengatakan limbah pemotongan hewan kurban sudah dikordinasikan dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta guna pengawasan dan pemeriksaan daging hewan kurban.

"Jadi nanti sesuai pedoman," Anies menandasi.

Tolak Kantong Plastik Sekali Pakai

Sebelumnya, Gerakan Pandu Laut Nusantara menggelar aksi tolak plastik sekali pakai bersama dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Walhi Jakarta, Green Peace, Indo Relawan, dan Divers Clean Action. Aksi ini dilakukan dengan mengarak sebuah karya instalasi berbentuk monster ikan Anglerfish setinggi 4 meter yang terbuat dari sampah plastik.

Terkait aksi ini, Direktur Eksekutif Walhi DKI Jakarta Tubagus Soleh Ahmadi meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera mengesahkan Pergub tentang plastik.

"Kita mendesak Gubernur Anies segera mengeluarkan Pergub, kan sudah sering informasi tentang larangan plastik ini. Udah jadi, tinggal ditandatangani katanya. Tapi sampai sekarang belum ditandatangani sama dia," tutur Tubagus usai mengarak instalasi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

"Apakah dia takut karena industri plastik melawan, contohnya yang di Bogor. Dari 7.000-8.000 ton sampah sekitar 20 persennya itu sampah plastik," imbuh dia.

Senada dengan itu, Founder Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Tiza Mafira menyatakan, pemerintah harus mulai melarang penggunaan plastik sekali pakai. Apalagi, keputusan Mahkamah Agung (MA) akan larangan ini sudah dikeluarkan.

Menurutnya, instalasi monster plastik ini dapat memuat 500 kg sampah di dalamnya. Bila dibandingkan dengan sampah yang dihasilkan Jakarta, setiap harinya Ibu Kota telah menghasilkan 2.250 monster plastik.

"Kepada korporasi, dipikir ulang deh yang namanya ancaman plastik sekali pakai ini. Masa plastik yang segitu kuatnya yang tahan sampai ratusan tahun dirancang sebagai produk yang hanya sekali konsumsi lalu dibuang. Ini tidak masuk akal," tegas Tiza.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bocah 12 Tahun di Bojonggede Bikin Platform e-Learning Sedot Perhatian

Posted: 25 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com penasaran dengan dua bocah asal Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang mampu membuat platform e-Learning bernama Pintar Online.

Berita lain yang tak kalah populer datang dari Kimi Hime yang membuat pernyataan sikap lewat channel YouTube-nya dengan judul "Dear Bapak Presiden Joko Widodo...."

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Kisah Dua Bocah di Bojonggede Bikin Platform e-Learning

Saat ini begitu banyak jenis platform e-Learning yang ditawarkan, mulai dari yang gratis sampai berbayar atau mulai dari self hosted hingga vendor hosted.

Baru-baru ini ada dua anak bangsa menciptakan platform e-Learning yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dunia pendidikan di Indonesia. Kedua anak tersebut adalah Muhammad Hafizh Bayhaqi (12) dan Naisyilla Nurina Rahmawati (14), asal Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Platform e-Learning bernama Pintar Online ini tidak hanya memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa pada proses pembelajaran saja, melainkan juga antara kebutuhan orangtua dalam memantau perkembangan akademis anaknya di sekolah, bahkan untuk berkomunikasi dengan para pengajarnya.

Baca selengkapnya di sini

2. Kimi Hime Mengadu ke Jokowi Sambil Menangis

Tiga video di saluran milik YouTuber gaming Kimi Hime dinonaktifkan oleh Kemkominfo karena dianggap melanggar muatan kesusilaan.

Tak berselang lama, Kimi Hime melalui akun YouTube-nya pun membuat pernyataan sikap dengan judul "Dear Bapak Presiden Joko Widodo...."

Kimi Hime membahas mengenai tiga video-nya yang ditangguhkan oleh YouTube atas permintaan dari Kemkominfo.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Samsung Galaxy M30 Resmi Meluncur, Harganya Terjangkau!

Peluncuran Samsung Galaxy M30. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Samsung kembali menambah deretan smartphone anyar dalam lini Galaxy M. Kali ini, vendor asal Korea Selatan itu memperkenalkan Galaxy M30 untuk pasar Indonesia.

Sesuai namanya, Galaxy M30 merupakan model dengan spesifikasi paling tinggi untuk lini Galaxy M, setidaknya hingga saat ini. Hal itu dapat dilihat dari jeroan yang disertakan Samsung di perangkat ini.

Samsung Galaxy M30 dipersenjatai Exynos 7904 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Galaxy M30 hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan memiliki desain Infinity U.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernikahan Singkat 6 Artis Indonesia Ini Jadi Heboh

Posted: 25 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kawin cerai menjadi hal yang sering terjadi di kalangan artis. Dalam satu tahun, pasti ada saja artis Tanah Air yang rumah tangganya bermasalah dan memilih untuk mengakhiri rumah tangganya di pengadilan.

Yang membuat heran, bahkan ada artis yang memutuskan bercerai, padahal mereka baru saja menikah.

Berikut beberapa artis yang membina rumah tangga dengan usia yang singkat. Siapa saja sih?

1. Ayu Ting Ting

Hadiri 'Henna Night' Tania Nadira, Ini 6 Gaya Ayu Ting Ting Saat Pakai Busana Khas Bollywood (sumber: KapanLagi.com)

Pernikahan dan perceraian Ayu Ting Ting sempat menghebohkan jagat hiburan tanah Air. Pelantun 'Alamat Palsu' itu menikah secara diam-diam dengan Henry Baskoro Hendarso alias Enji pada 4 Juli tahun 2013.

Baru berjalan beberapa bulan pernikahan rumah tangga Ayu Ting Ting diguncang masalah. Padahal saat itu, Ayu Ting Ting tengah hamil dan memutuskan untuk pulang ke rumah orangtuanya di Depok Jawa Barat.

Usai melahirkan Bilqis Humaira Razak pada 31 Desember 2013, Ayu Ting Ting melayangkan gugatan ke Pengadilan Agama Depok pada 27 Januari 2014. Setelah melalui proses persidangan, akhirnya pada 1 April 2014 Pengadilan Agama Depok mengabulkan permohonan cerainya.

 

2. Nikita Mirzani

Blouse berbahan tipis menerawang.

Pernikahan yang terbilang singkat juga dialami artis yang kerap menuai kontroversi Nikita Mirzani. Menikah secara siri dengan Dipo Latief pada Febuari 2018, rumah tangganya Nikita Mirzani dengan Dipo Latief hanya bertahan 5 bulan.

Perceraian terjadi saa Nikita Mirzani tengah mengandung buah cnta mereka. Saat ini, Nikita Mirzani masih menjalani sidang isbat nikah di Pengadilan Agama Jakarta Selatan untuk meminta pertanggung jawaban Dipo Latief atas masa depan anaknya.

3. Risty Tagor

Stuart Collin mencurahkan perasaannya melalui media sosial mengenai kehidupannya, termasuk kisah cintanya dengan Risty Tagor.

Rumah tangga Risti Tagor dan Stuart Collin juga tak bertahan lama. Menikah pada 19 April 2015, pernikahan mereka hanya berjalan beberapa bulan saja.

Risti Tagor akhirnya melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 20 Agustus 201. Setelah melalui proses panjang persidangan, pengadilan mengabulkan permohonan cerainya apad 24 Maret 2016.

4. Lucky Hakim

Pernikahan dan perceraian Lucky hakim dengan Tiara Dewi sempat menuai kontroversi. Banyak yang menduga kalau pernikahan keduanya hanyalah rekayasa.

Lucky Hakim dan Tiara Dewi melangsungkan pernikahan pada 12 Desember 2016. Baru 6 bulan menikah, Lucky Hakim melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Timur pada 30 Juni 2017. Sampai akhirnya 6 September 2017 keduanya dinyatakan resmi bercerai.

5. Angel Lelga

Sejak awal, hubungan Angel Lelga dan Vicky Prasetyo memang selalu jadi bahan pembicaraan. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah pun masih dibicarakan dan disebut hanya sekedar settingan. (Instagram/vickyprasetyo777)

Drama pernikahan Aggel Lelga dengan Vicky Prasetyo sempat menarik perhatian publik menikah pada 9 Februari tahun 2018, rumah tangga mereka hanya bertahan delapan bulan saja sampai akhirnya Vicky Prasetyo menggugat cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Setelah persidangan yang cukup alot, akhirnya Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutuskan Vicky Prasetyo dan Angel Lelga resmi bercerai pada 10 Januari 2019.

6. Salmafina Sunan

Rumah tangga Taqy Malik dan Salmafina Khairunnisa baru seumur jagung. Beberapa hari belakangan ini, rumah tangga keduanya menjadi perbincangan warganet. Lantran putri Sunan Kalijaga itu diceraikan oleh suaminya. (Instagram/taqy_malik)

Salamafina Sunan dan Taqy Malik masuk daftar pernikahan selebritis yang terbilang singkat. Menikah secara taaruf, rumah tangga Taqy Malik dan artis instagram ini bertahan tiga bulan saja.

Setelah melayangkan gugatan ke Pengadilan Agama Jakarta Barat akhirnya keduanya resmi bercerai pada Febuari 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua DPD: Pusat dan Daerah Harus Satu Persepsi Dalam Pelaksanaan UU Adminduk

Posted: 25 Jul 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Administrasi kependudukan diyakini sebagai regulasi utama dalam mengatur peristiwa kependudukan dan menjadi penopang stake holder lain, misalnya bagi penyelenggara Pemilu dan Pilkada, yang dalam faktanya seringkali menjadi dasar untuk menyatakan suatu Pemilu dan Pilkada dikatakan cacat atau tidak. Oleh karena itu, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia menilai perlu ada pengawasan pelaksanaan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam di daerah pemilihannya Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Tengah dan Disdukcapil Kota Semarang untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan adminitrasi kependudukan.

Akhmad Muqowam mengatakan bahwa Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 telah dilaksanakan di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

"Semua Kabupaten/Kota di Jawa Tengah telah menerbitkan regulasi turunan di daerah baik Peraturan Daerah maupun Peraturan Gubernur, Peraturan Bupati/Walikota," ujar Akhmad Muqowam usai melakukan pertemuan di kantor Disdukcapil Kota Semarang, Kamis (25/7).

Meskipun Kabupaten/Kota telah menerbitkan regulasi turunan, Akhmad Muqowam menilai bahwa masih perlu adanya penyamaan persepsi antara Pusat dan Daerah agar tidak ada interpretasi yang berbeda dalam pelaksanaannya terhadap regulasi yang ada khususnya turunan Undang Undang Adminduk seperti Peraturan Pemerintah, Perpres dan Permendagri.

Selain itu, Muqowam menemukan beberapa fakta yang terjadi dilapangan, salah satunya keterbatasan stok blangko KTP elektronik (KTP-el), sehingga dengan agak terpaksa diterbitkan Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP-el.

Muqowam juga mengungkapkan peralatan KTP-el di berbagai Kabupaten/Kota banyak yang tidak berfungsi. Daerah kesulitan untuk penganggaran pengadaan peralatan KTP-el karena di UU Adminduk penyelenggaraan Adminduk dibiayai melalui APBN, sedangkan Dana Alokasi Khusus yang diterima daerah untuk Non Fisik, sehingga perlu dukungan DAK Fisik maupun APBD Kabupaten/Kota. "Solusi strategis yang diusulkan adalah penyederhanaan proses pengadaan blangko, dengan memberikan kewenangan kepada Gubernur, karena Gubernur adalah wakil Pemerintah Pusat yang ada di daerah," jelas Muqowam.

Fakta lainnya yang ditemukan yaitu Kurangnya tenaga Sumber Daya Manusia dalam pelayanan adminduk untuk sementara dengan rekruitmen tenaga kontrak atau Pekerja Harian Lepas (PHL);

Fakta lain di lapangan adalah kesadaran masyarakat untuk segera mengurus peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami masih terkesan pasif. Masalah yang cukup mengganggu pelaksanaan program KTP-el adalah keraguan daerah dalam pelaksanaan kebijakan adminduk (misalnya perpindahan penduduk tanpa pengantar RT/RW). 

Juga ada kendala untuk melaksanakan Perjanjian kerjasama dengan SKPD dalam pemanfaatan data kependudukan."Bagian Hukum dan Kerjasama berpendapat tidak perlu Perjanjian Kerjasama untuk sesama SKPD (mengacu PP 50/ 2018), padahal pemanfaatan data kependudukan diatur khusus dalam Permendagri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup Dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan KTP Elektronik," urai Muqowam.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Polantas Natan Doris Nekat Naik Kap Mobil demi Jalankan Tugas

Posted: 25 Jul 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Natan Doris menjadi sosok yang hangat diperbincangkan di jagat media sosial. Baru-baru ini, polisi berpangkat Brigadir itu mendadak terkenal karena videonya "nyangkut" di kap mobil saat menilang kendaraan di Bandung, menjadi sorotan warganet.

Brigadir Natan yang menilang pengendara mobil, mendapat apresiasi karena kinerjanya dianggap baik. Pimpinan di Polrestabes Bandung menilai dia telah menjalankan standar operasional prosedur (SOP), alih-alih tetap menjaga emosi ketika menghadapi pelanggar lalu lintas.

"Saya intinya ingin memberhentikan kendaraan tersebut karena sudah melanggar," kata Natan ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jumat (26/7/2019).

Seperti diketahui, kejadian Brigadir Natan terseret di kap mobil tersebut terjadi pada Kamis siang sekitar pukul 11.00 WIB. Tempat Kejadian Perkara (TKP) berada di Pos Gatur Rajiman, Jalan Pasir Kaliki yang masuk wilayah hukum Polsek Cicendo.

Brigadir Natan mencoba memberhentikan kendaraan yang melanggar lampu merah. Kendaraan awalnya diberhentikan oleh Aipda Deni, tetapi mobil itu tetap tidak berhenti.

Kemudian oleh Brigadir Natan, kendaraan itu diberhentikan. Namun ketika diberhentikan, mobil yang dikemudikan Christian Chayono (24) malah menambah laju kendaraannya dan Polantas tertabrak sampai tergusur di samping salon Anata sekitar 100 meter.

Setelah kendaraan berhenti, polisi kemudian memeriksa identitas pengendara mobil tersebut. Kemudian petugas memeriksa kondisi kendaraan tidak ditemukan barang-barang berbahaya. Setelah itu, pengemudi pun ditilang. Adapun SIM pengendara tersebut ditilang dengan nomor tilang E.4038986.

Meski sempat terbawa kendaraan tersebut, Natan tidak mengalami luka. Adapun telepon seluler miliknya terjatuh dan rusak.

Menurut Natan, setelah mobil hitam menyeretnya, pengemudi menurunkan kecepatan. Hal itu terjadi karena jalanan di depan pengemudi sedang macet.

"Jadi bukan mobilnya berhenti sendiri tapi karena karena ada lampu lalu lintas sehingga terjadi kemacetan. Karena kemacetan tersebut dia memperlambat laju kendaraannya, dibantu oleh masyarakat akhirnya dia berhenti," kata Natan.

Setelah berhenti dan menepi, Natan lalu menanyakan surat-surat wajib pengemudi. Namun, karena sudah melanggar lalu lintas, ia menahan kartu Surat Izin Pengemudi (SIM) pelanggar lalu lintas tersebut.

"Saya minta surat-surat, SIM-nya langsung saya bawa," katanya.

Natan mengakui aksinya dilakukan semata untuk menegakkan penertiban berlalu lintas. Ia pun berharap masyarakat sadar bahwa kenyamanan dan keamanan di jalan harus dijaga bersama-sama.

"Yang saya harapkan para pengendara kendaraan mengikuti aturan rambu lalu lintas dan mengikuti dari petugas. Intinya petugas hanya ingin agar selamat pengguna jalan kalau seorang pengendara itu dia tahu keselamatan di jalan," kata dia.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Mikhaela, Putri Zack Lee dan Nafa Urbach yang Manis Banget

Posted: 25 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama aktor Zack Lee mulai dikenal saat membintangi sinetron laga seperti Preman Kampus. Pria berdarah Jawa-Tionghoa-Inggris sempat menambatkah hati pada bintang sinetron dan penyanyi Nafa Urbach. Hingga akhirnya mereka menikah tanggal 16 Januari 2007 silam, setelah lama berpacaran. 

Namun, sayangnya pernikahan tersebut harus kandas di tengah jalan, sejak 23 Oktober 2017 Zack Lee dan Nafa Urbach  sudah resmi bercerai. Meski tak lagi berstatus suami istri, Nafa Urbach dan Zack Lee masih berhubungan baik. Hal itu dilakukan demi putri semata wayang mereka, Mikhaela Lee Jowono.

Menginjak usia yang ke-8 tahun, putri semata wayang Zack Lee tumbuh menjadi gadis yang manis. Memiliki wajah blasteran seperti bule, pesona Mikhaela mampu mencuri perhatian warganet. Hal ini terlihat dari unggahan Instagram Zack Lee ataupun Nafa, keduanya kerap membagikan momen kebersamaan bersama putri cantiknya. 

Nah, penasaran kan gimana potretnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 pesona Mikhaela putri semata wayang Zack Lee dan Nafa, Jumat (26/7/2019) 

 

 

1. Ini dia Mikhaela, putri semata wayang Zack Lee dan Nafa Urbach. Cantik ya?

Mikhaela Lee Jowono (Sumber: Instagram/nafaurbach/zackleelife77)

2. Gadis manis ini lahir pada 8 Februari 2011, saat ini usianya sudah 8 tahun loh!

Mikhaela Lee Jowono (Sumber: Instagram/nafaurbach/zackleelife77)

3. Lahir dari ayah yang berdarah Inggris, membuat wajah Mikhaela seperti bule.

Mikhaela Lee Jowono (Sumber: Instagram/nafaurbach/zackleelife77)

4. Menginjak usia yang ke-8 tahun, wajah cantik Mikhaela sudah terlihat mempesona. Ia bahkan sudah pintar bergaya

Mikhaela Lee Jowono (Sumber: Instagram/nafaurbach/zackleelife77)

5. Meski sudah tak lagi bersama, Mikhaela tetap kompak bersama ayah ibunya. Seru abis ya!

Mikhaela Lee Jowono (Sumber: Instagram/nafaurbach/zackleelife77)

6. Hmmm, kalau menurut kamu Mikhaela mirip ayah atau ibunya nih?

Mikhaela Lee Jowono (Sumber: Instagram/nafaurbach/zackleelife77)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Bakal Menghadiahkan Mason Greenwood Kontrak Baru Menggiurkan

Posted: 25 Jul 2019 09:20 PM PDT

Manchester - Manchester United (MU) memberi perhatian khusus terhadap Mason Greenwood yang tampil mengesankan selama tur pramusim. Ia akan mendapat kontrak baru sebelum berulang tahun ke-19 pada Oktober 2019. 

Seperti dilansir Dailystar, Kamis (25/7/2019), MU tengah membangun skuat dengan berisikan pemain muda. Setan Merah seperti trauma mendatangkan pemain matang setelah kegagalan Fred dan Alexis Sanchez yang tak memberi kontribusi bertarti sejak mendarat di Old Trafford.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, sebelumnya ingin membentuk trisula maut berisikan Daniel James, Marcus Rashford, dan Anthony Martial. Namun, Mason Greenwood bisa menjadi pesaing dari tiga nama tersebut karena memiliki kecepatan dan penetrasi.

Greenwood memikat perhatian Solskjaer setelah tampil ciamik pada pramusim, termasuk saat mencetak tunggal kemenangan atas Inter Milan. Dia juga membobol gawang Leeds United. 

Saat ini, Mason Greenwood mendapat gaji 800 pound atau sekitar Rp 13,8 juta per pekan. Belum ada keterangan detail kenaikan gaji yang akan didapatkan Greenwood dari MU. Pemain Timnas Inggris U-18 tersebut dikabarkan juga akan menerima bonus senilai 5.000 pound atau sekitar Rp 87,7 juta setiap tampil untuk tim utama. 

 

Berpotensi Ikuti Jejak Rasford

Jika bisa menembus skuat utama secara reguler, Mason Greenwood yakini akan mengikuti jejak Marcus Rasford.

Marcus Rasford langsung mendapat kenaikan gaji menjadi 200 ribu pounds (Rp 3,4 miliar) per pekan setelah secara reguler masuk starting XI. Musim panasi ini, pemain berusia 21 tahun tersebut telah mendapat tambahan gaji menjadi 300 ribu pounds (Rp 5,2 miliar) per pekan.

Manchester United berharap Mason Greenwood mau menandatangani kontrak baru sebelum oktober 2018. Sumber dari Old Trafford mengatakan kepada The Sun " Gaji yang dia terima tidak banyak, namun, akan mendapatkan bonus jika penampilannya membanggakan.

Sumber : Dailystar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tania Nadira Sah Dinikahi Abdulla Alwi

Posted: 25 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan istri Tommy Kurniawan, Tania Nadira, akhirnya menanggalkan status janda. Ia resmi dinikahi oleh kekasih hatinya, Abdulla Alwi, di The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2019) pagi.

Hal ini diketahui dari akun Instagram sahabat Tania Nadira, Ayu Ting Ting. Dalam unggahan video di Instagram Stories-nya, Abdulla Alwi mengucap ijab kabul dalam bahasa arab.

"Syah Masyaallah @tanianadiraa @abdullalwi, Alhamdulillah," tulis Ayu Ting Ting sebagai keterangan videonya.

Dalam momen spesial itu, Tania Nadira mengenakan kebaya pengantin berwarna hijau muda dan aksesoris khas pengantin Sunda, Siger. Sementara Abdulla Alwi memakai beskap berwarna senada.

Sesaat setelah dinyatakan sah, doa pun dipanjatkan. Mempelai laki-laki kemudain merayakan pernikahannya dengan menari bersama keluarga besarnya.

 

Prosesi Sebelum Pernikahan

[Foto: Instagram Ayu Ting Ting]

Sebagai pasangan yang sama-sama memiliki keturunan Arab, pernikahan keduanya memang digelar dengan serangkaian prosesi. Seperti diketahui, Tania sudah lebih dulu melangsungkan prosesi siraman dan pengajian, malam bainai dan acara sangeet night.

Tak tanggung-tanggung, pernikahan Tania dan Abdulla tersebut diwarnai dengan berbagai prosesi yang digelar selama satu bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Batam Diperiksa Terkait Kasus Suap Gubernur Kepulauan Riau

Posted: 25 Jul 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Dia akan diperiksa sebagai saksi seputar kasus dugaan suap izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut, proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kepulauan Riau tahun 2018-2019.

"Saksi Muhammad Rudi, Wali Kota Batam akan diperiksa untuk tersangka NBA (Nurdin Basirun-Gubernur Kepulauan Riau)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (26/7/2019).

Selain Muhammad Rudi, penyidik juga akan memeriksa Anggota DPRD Kepri Iskandar, Bun Hai selaku Notaris, Sugiarto selaku wiraswasta, Kepala Seksi Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Tahmid, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Riau Firdaus, dan Sekda Provinsi Kepri Arif Fadilah.

"Pemeriksaan dilakukan di Polres Balerang, Batam," kata Febri.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun dijerat KPK dalam kasus dugaan suap izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut, proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kepulauan Riau tahun 2018-2019. Selain kasus suap, Nurdin Basirun juga dijerat pasal penerimaan gratifikasi.

Dalam kasus suap, Nurdin dijerat bersama tiga orang lainnya, yakni Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan (EDS), Kepala Bidang Perikanan Tangkap Budi Hartono (BUH), dan pihak swasta Abu Bakar (ABK).

Terima Suap

Gubernur Kepri Nurdin Basirun dikawal petugas usai menjalani pemeriksaan 1 x 24 jam di Gedung KPK, Jakarta, Jumat dini hari (12/7/2019). Nurdin Basirun resmi ditahan KPK bersama Edy Sofyan, Budi Hartono dan Abu Bakar terkait suap izin lokasi rencana reklamasi di Kepri. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Nurdin Basirun menerima suap dari Abu Bakar yang ingin membangun resort dan kawasan wisata seluas 10.2 hektare di kawasan reklamasi di Tanjung Piayu, Batam. Padahal kawasan tersebut sebagai kawasan budidaya dan hutan lindung.

Atas bantuan Nurdin Basirun itu, Abu Bakar pun memberikan suap kepada Nurdin, baik secara langsung maupun melalui Edy Sofyan atau Budi Hartono. Tercatat Nurdin beberapa kali menerima suap dari Abu Bakar.

Pada tanggal 30 Mei 2019 Nurdin menerima sebesar SGD 5000, dan Rp 45 juta. Kemudian esoknya, 31 Mei 2019 terbit izin prinsip reklamasi untuk Abu Bakar untuk luas area sebesar 10.2 hektar. Lalu pada tanggal 10 Juli 2019 memberikan tambahan uang sebesar SGD 6 ribu kepada Nurdin melalui Budi.

Saat penerimaan SGD 6 ribu itu KPK melakukan operasi tangkap tangan. Selain SGD 6 ribu, KPK juga mengamankan SGD 43.942, USD 5.303, EURO 5, RM 407, Riyal 500, dan uang rupiah Rp 132.610.000 dari kediaman Nurdin.

Selain itu, tim penyidik juga menyita 13 tas, kardus, dan plastik di Kamar Gubernur Nurdin. Dari 13 tas ransel, kardus, plastik dan paper bag ditemukan uang Rp 3.5 miliar, USD 33.200 dan SGD 134.711.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diteror Perampok Bersenjata, Mesut Ozil Dilindungi Sead Kolasinac

Posted: 25 Jul 2019 09:19 PM PDT

 

London - Dua pemain Arsenal, Sead Kolasinac dan Mesut Ozil diteror perampok bersejata saat berada di London Utara. Hebatnya, Kolasinac dengan heroik melindungi Ozil, menghadapi para perampok dan membuat melarikan diri.

Dari video yang tersebar di media sosial, Sead Kolasinac keluar dari kendaraannya untuk menghadapi perampok. Ia menyuruh Mesut Ozil untuk tetap berada di dalam kendaraan.

Lalu, Kolasinac melakukan konfrontasi kepada dua perampok tersebut. Setelah berada dalam kondisi aman, Kolasinac dan Ozil masuk ke dalam restoran dan menguhungi pihak yang berwajib.

Arsenal telah mengonfirmasi kalau dua pemainnya tersebut tidak mengalami masalah apa pun.

"Kami telah menghubungi dua pemain kami, dan semuanya berada dalam kondisi selamat. Mereka telah melaporkan kejadian ke klub dan pihak yang berwajib," ujar juru bicara Arsenal.

Saksi mata mengatakan kalau para perampok itu mengendarai sepeda motor dan mengincar pengemudi mobil.

"Para perampok yang menggunakan sepeda motor dan membawa senjata tajam menghentikan pengemudi mobil (Kolasinac dan Mesut Ozil). Namun, pengemudi memberikan perlawanan," ujar saksi mata tersebut.

"Pengemudi mobil dan rekannya bisa selamat dan mengamankan diri di restoran Golden Green. Mereka bertemu dengan pihak yang berwajib di sana," ujar saksi mata tersebut.

Bukan Kejadian Pertama yang Menimpa Pemain Sepak Bola

Mantan pemain West Ham United, Andy Carroll. (AFP/Ben Stansall)

Kejadian yang dialami Sead Kolasinac dan Mesut Ozil bukanlah kejadian pertama yang dialami pesepak bola di London. Mantan pemain West Ham United, Andy Carroll juga pernah mengalami kejadian serupa.

Pada 2016, Andy Carroll dirampok ketika sedang berada di dalam mobil. Ia dihentikan oleh perampok yang mengendarai sepeda motor.

Perampok tersebut menggunakan senjata berapi, yang membuat Andy Carroll tak bisa melakukan perlawanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Agar Terhindar dari Bencana Selama Ibadah Haji di Tanah Suci

Posted: 25 Jul 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji mulai memadati Tanah Suci. Sambil menunggu waktu haji tiba, jemaah mengisi waktu mereka dengan beribadah, berziarah, dan rihlah atau perjalanan.

Selama tinggal di negeri orang, beberapa di antara calon haji ada yang khawatir dan ketakutan ada hal-hal buruk menimpanya.

Dilansir dari buku Sifat Haji dan Umrah karya Syeikh Muhammad Nashirudin al-Albani, terdapat doa-doa untuk menghindari keburukan, kesulitan dan bencana untuk jemaah haji, baik di Tanah Suci maupun di seluruh penjuru dunia.

Doa agar terhindar dari keburukan dan perbuatan yang tidak menyenangkan yaitu;

"Allahuma inni a'udzubika min syarri ma 'amiltu, wa min syarri ma lam a'mal"

Artinya:

"Ya Allah, kami berlindung kepada Engkau dari keburukan apa yang telah kami kerjakan dan dari keburukan apa yang belum kami kerjakan" dikutip dari HR Muslim.

Doa Diberikan Keafiyatan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Selain doa tersebut, adapula doa agar jauh dari kesulitan dan bala di dunia dan akhirat yaitu:

"Allahuma inni as-alukal 'afiyah fiddunya wal akhiroh"

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu keafiyatan (jauh dari kesulitan dan bencana) di dunia dan akhirat" dikutip dari HR. Ahmad.

 

Reporter : Nabila Bilqis

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan APP Sinar Mas Lawan Kebakaran Hutan di Riau

Posted: 25 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Perawang - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mendukung pemerintah Riau dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau 2019, serta mencegah terulangnya bencana kabut asap pada 2015 lalu. Sejumlah langkah sophisticated dan terintegrasi pun disiapkan perusahaan.

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, APP Sinar Mas membangun sistem manajemen penanggulangan kebakaran hutan terintegrasi yang terdiri atas pencegahan, persiapan, deteksi dini, dan respons cepat. Di Riau, APP Sinar Mas bertindak melalui salah satu unit forestry mereka, yakni PT Arara Abadi.

APP Sinarmas mengandalkan teknologi, tenaga ahli, serta masyarakat dalam melawan kebakaran hutan, khususnya di sekitar konsesi perusahaan. Dan meski sudah punya teknologi canggih, pihak APP Sinar Mas juga selalu mengirim tim ke lapangan untuk memverifikasi titik panas lewat visual langsung.

"Tak hanya saat kemarau, menjelang kemarau kita juga intens pada pencegahan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati," ujar Fire Operation Management Head PT Arara Abadi, Deny Widjaya, seperti ditulis Jumat (25/7/2019) di Perawang, Riau.

"Pada tahap pencegahan, APP Sinarmas membentuk satgas anti kebakaran, membentuk pos pantau terpadu, serta sosialiasi kepada masyarakat melalui pemasangan papan informasi, penyebaran booklet, dan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA)," Deny menambahkan.

Selanjutnya di tahap persiapan, APP Sinar Mas bersiaga di darat, laut, dan udara. Ada 862 orang regu pemadam kebakaran (RPK), 505 personel masyarakat peduli api (MPA).

Kemudian, dari segi peralatan terdapat 46 unit speedboat, 5 unit airboat, 24 drone, 4 unit helikopter waterbombing, 36 mobil patroli, serta 101 motor patroli yang menjaga daerah Riau.

APP Sinar Mas pun tak hanya melindungi wilayah konsesi mereka semata, melainkan siap membantu lahan milik masyarakat sekitar. Deny pun menceritakan integrasi yang ada pada tahap deteksi dini sehingga ada upaya pencegahan kebakaran hutan secara mulus dan efektif. Berikut laporannya:

Aksi Terintegrasi

Suasana Situation Room APP Sinar Mas di Riau. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Di tahap deteksi dini, perusahaan melakukan patroli di darat, air, dan udara untuk melakukan pemantauan api melalui 32 unit kamera thermal dan CCTV, serta 43 menara api yang tersebar di beberapa wilayah.

Pengguanaan teknologi juga dilakukan melalui sistem monitoring titik panas melalui citra satelit. APP Sinar Mas selalu melihat langsung keadaan di lapangan untuk verifikasi, sebab titik panas yang terdeteksi belum tentu merupakan kebakaran.

"Hotspot ini biasanya sering timbul di atas jam 11 (siang) sampai sore biasanya. Setelah teridentifikasi ini hotspot, maka kami akan informasikan ke distrik," ucap Deni. "Mereka akan verifikasi ke lapangan, 1 x 24 jam harus sudah terverifikasi, karena ditakutkan adanya api."

Jika sudah diverifikasi, tim distrik akan membuat laporan ke tim monitoring. Setelahnya, tim Deni akan menganalisa apakah hotspot tersebut bisa ditangani oleh distrik atau tim pusat mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) yang berangkat dengan helikopter.

TRC tersebut dilatih agar bisa menembus segala medan dan dibekali ransel besar berisi perlengkapan untuk bertahan di alam liar selama dua sampai tiga hari. Mereka akan berupaya menanggulangi titik kebakaran dengan alat yang mereka bawa.

Perlengkapan tim TRC. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Jika tak memungkinkan ditangani oleh TRC, tim Deni dapat mengirim helikopter ke lokasi untuk melakukan waterbombing. APP Sinar Mas di Riau menyiagakan empat helikopter yang terdiri atas dua Super Puma yang bisa membawa hingga 5.000 liter air, dan dua Bell 412 yang bisa membawa 1.000 liter air.

Hingga awal Juli 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Riau mencatat lebih dari 3.300 hektar lahan di Riau terbakar. Pemerintah Riau juga mengaktifkan satgas karhutla setelah sebelumnya menetapkan status siaga darurat sejak 19 Februari hingga 31 Oktober 2019.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal ICC 2019: Real Madrid vs Atletico Madrid Siaran Langsung di Televisi

Posted: 25 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, New Jersey - Real Madrid akan menjamu Atletico Madrid di Metlife Stadium, East Rutherford, New Jersey, dalam ajang International Champions Cup (ICC) 2019. Pertandingan itu bakal berlangsung pada Sabtu (27/7/2019) pagi WIB.

Ini akan menjadi pertarungan ketiga Real Madrid di ICC 2019. Sebelumnya, Los Blancos kalah 1-3 Bayern Munchen. Kemudian, Real Madrid menang dalam drama adu penalti melawan Arsenal, dengan skor 3-2.

Sementara duel melawan Los Blancos menjadi pertandingan kedua Atletico Madrid di ICC 2019. Di laga sebelumnya, Atletico mengalahkan Guadalajara dalam drama adu penalti dengan skor 5-4.

Dikutip dari Soccerway, Derby Madrid ini bakal menjadi pertandingan yang ke-65. Dari 64 laga sebelumnya, Real Madrid mencatatkan 35 kemenangan.

Sedangkan Atletico Madrid hanya meraih 11 kemenangan. Sebanyak 18 pertandingan sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Lihat jadwal Real Madrid vs Atletico Madrid di ICC 2019 pada halaman selanjutnya.

 

Jadwal ICC 2019

Sabtu, 27 Juli 2019

Pukul: 07.00 WIB

Real Madrid vs Atletico Madrid

Venue: Metlife Stadium, East Rutherford, New Jersey

Live di TVRI

 

Jadwal ICC 2019 Lainnya

29 Juli 2019

02:00 WIB: AC Milan Vs Benfica (Live TVRI/TVRI SportHD)

3 Agustus 2019

23:30 WIB: Manchester United Vs AC Milan (Live TVRI/TVRI SportHD)

4 Agustus 2019

21:00 WIB: Tottenham Vs Inter Milan (Live TVRI/TVRI SportHD)

10 Agustus 2019

23:00 WIB: Atletico Madrid Vs Juventus (Live TVRI/TVRI SportHD)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Revisi Laporan Keuangan 2018, Dari Untung Jadi Rugi

Posted: 25 Jul 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sehubungan dengan hasil putusan Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) agar laporan keuangan Garuda Indonesia 2018 perlu disajikan ulang (restatement), serta menindaklanjuti putusan Bursa Efek Indonesia (BEI) agar laporan keuangan Q1 2019 Garuda Indonesia juga disajikan ulang.

Dalam kaitan penyajian ulang Laporan Keuangan 2018, Garuda Indonesia mencatatkan laporan pendapatan usaha sebesar USD 4,37 milyar, tidak mengalami perubahan dari laporan pendapatan sebelumnya.

"Sementara itu, Pendapatan usaha lainnya (pendapatan lain-lain) terkoreksi menjadi USD 38,8 juta dari sebelumnya USD 278,8 juta," kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Fuad Rizal dalam keterangannya, Jumat (26/7/2019).

Dalam laporan restatement ini Garuda Indonesia mencatatkan net loss sebesar USD 175,028 juta atau Rp 2,4 triliun (kurs Rupiah 14.000 per dolar AS) dari sebelumnya laba sebesar USD 5,018 juta atau Rp 70 miliar.

Lebih lanjut Fuad menegaskan bahwa dengan penyajian ulang (restatement) laporan keuangan ini tidak ada rasio-rasio yang dilanggar, dan penyajian ulang ini memperoleh pendapat 'Wajar Tanpa Modifikasian'.

Sejalan dengan penyajian ulang laporan keuangan tersebut, Garuda Indonesia terus menunjukan peningkatan kinerja dengan berhasil mencatatkan pertumbuhan positif pada Q1-2019 dimana Perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar USD 19,73 juta, meningkat signifikan dibanding periode sebelumnya yang merugi USD 64,27 juta. Dengan pertumbuhan positif maskapai di Q1-2019 tersebut, Garuda Indonesia optimistis tren kinerja maskapai kejdepannya akan terus tumbuh positif.

"Restatement laporan laba rugi periode buku 2018 dan LK Q1 2019 ini merupakan bentuk tindak lanjut perusahaan atas hasil putusan regulator terkait laporan kinerja keuangan perseroan. Dalam proses penyajian laporan restatement tersebut kami telah melaksanakan korespondensi dengan OJK dan stakeholder lainnya dalam memastikan kesesuaikan aturan dan prinsip compliance dalam penyajian laporan restatement tersebut," tambahnya.

 

 

 

Pendapatan Layanan Penerbangan Naik

Pesawat Garuda Indonesia terparkir di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). Aturan ini merevisi kebijakan sebelumnya yang berupa imbauan tidak berfoto untuk para penumpang dan awak kabin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kinerja positif Garuda Indonesia sepanjang kuartal 1 2019 tersebut turut ditunjang oleh lini pendapatan layanan penerbangan berjadwal sebesar USD 924,93 juta, tumbuh sebesar 11,6 persen dibandingkan periode yang sama di kuartal I – 2018 sebesar USD 828.49 juta. Selain itu, Garuda juga mencatatkan pertumbuhan signifikan pada kinerja pendapatan usaha lainnya sebesar 27,5 persen dengan pendapatan mencapai USD 171,8 juta.

"Sejalan dengan membaiknya kinerja Q1-2019 tersebut, kami juga optimis hal tersebut berlanjut hingga Q2 dan Q3 mengingat fundamental perseroan yang semakin membaik. Kami yakin dapat menjaga tren kinerja positif yang kami proyeksikan akan terus berlanjut hingga akhir tahun kinerja 2019," papar Fuad.

"Peningkatan kinerja Perseroan turut didukung oleh program efisiensi dan efectiveness yang berkelanjutan, optimalisasi aspek cost structure, capacity adjustment pada produksi sesuai demand sehingga konsumsi fuel menjadi lebih terukur dan beban fuel expense juga dapat ditekan," tambah Fuad.

Sementara itu, pada laporan restatement Garuda Indonesia pada periode Q1 -2019 (Kuartal 1-2019) tercatat mengalami sejumlah penyesuaian pada indikator Aset menjadi sebesar USD 4,328 Juta dari sebelumnya USD 4,532 juta.

Adapun perubahan total indikator Aset tersebut diakibatkan oleh penyesuaian pada pencatatan Piutang Lain-Lain menjadi sebesar USD 19,7 juta dari sebelumnya sebesar USD 283,8 juta. Aset pajak tangguhan juga mengalami penyesuaian menjadi USD 105,5 juta dari sebelumnya USD 45,3 juta.

 

Liabilitas Perseroan

Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut, liabilitas perseroan pada penyajian kembalian laporan keuangan Q1-2019 juga mengalami penyesuaian menjadi USD 3,537 juta dari sebelumnya USD 3,561 juta.

Fuad menjelaskan, terkait putusan BPK terkait kerjasama Mahata Aero Teknologi, maka Citilink Indonesia selaku pihak yang berkontrak juga telah mengirimkan surat kepada pihak Mahata Aero Teknologi terkait pembatalan kerjasama tersebut.

Dalam penyajian restatement laporan keuangan ini Garuda Indonesia menunjuk Kantor Akuntan Publik (KAP) Tanubrata Sutanto Fahmi Bambang & Rekan (Member of BDO International), mengacu kepada aturan dan referensi regulator yang tetap memberikan ruang bagi Kantor Akuntan Publik (KAP) Tanubrata Sutanto Fahmi Bambang & Rekan untuk menyelesaikan proses audit restatement yang dimaksud.

Penyampaian restatement LKT 2018 dan LK Q1 serta penyelenggaran public expose merupakan bentuk kepatuhan Garuda Indonesia terhadap putusan dari regulator. Garuda Indonesia juga telah memenuhi sanksi admistratif berupa sejumlah denda sebelum batas waktu yang dipersyaratkan oleh OJK dan BEI, pelaporan terhadap pemenuhan sanksi denda telah disampaikan melalui surat kepada OJK dan BEI tertanggal 11 Juli 2019.

Dengan pelaksanaan penyajian ulang dan public expose hari ini, maka Garuda Indonesia telah memenuhi semua sanksi dan persyaratan yang diminta oleh regulator.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Keluhkan Gaji 8 Juta, Ini Kisaran Gaji Fresh Graduate

Posted: 25 Jul 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini viral postingan seorang yang mengaku lulusan UI mengeluhkan soal gaji yang ditawarkan kepadanya saat wawancara kerja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab, Anggun dan Memesona

Posted: 25 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hubungan Roger Danuarta dan Cut Meyriska yang selama ini disembunyikan secara perlahan mulai dibuka ke publik. Pasangan ini juga sudah mulai buka-bukaan mengenai hubungannya yang semakin dekat ke jenjang pernikahan.  

Cut Meyriska dan Roger Danuarta sudah banyak memberikan sinyal akan segera melangsungkan pernikahan.

Meski awalnya ditolak orang tua, Roger dan Meyriska sepertinya tinggal menanti hari yang ditunggu. Roger Danuarta diketahui melamar Cut Meyriska 16 April 2019 lalu saat menjajal olahraga paralayang, di Puncak Bogor.

Bahkan baru-baru ini kabar beredarnya undangan pernikahan mereka juga sudah banyak diperbincangkan. Dalam foto undangan pernikahan diduga milik Roger dan Meyriska.

Undangan pernikahan itu mencantumkan tanggal 25 Agustus 2019 sebagai hari pernikahan Roger dan Chika, nama panggilan Cut Meyriska. Pasangan ini akan menggelar resepsi di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Sebelumnya pasangan ini juga sering mengunggah potret kedekatan mereka berdua di media sosial.

Gaya pasangan ini juga sering mendapat perhatian publik, seperti gaya cantik Cut Meyriska saat berhijab syar'i. Berikut Liputan6.com rangkum 7 potret anggun Cut Meyriska saat berhijab syar'i, anggun dan mempesona, Jumat (26/7/2019).

1. Aktris cantik Cut Meyriska mantap berhijab di awal 2019.

Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab Syar'i, Anggun dan Mempesona (sumber:Instagram/cutratumeyriska)

2. Dara Aceh berusia 26 tahun itu terlihat lebih anggun dan santun.

Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab Syar'i, Anggun dan Mempesona (sumber:Instagram/cutratumeyriska)

3. Meskipun berhijab, gaya dan stylenya tetap mempesona.

Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab Syar'i, Anggun dan Mempesona (sumber:Instagram/cutratumeyriska)

4. Cut Meyriska sendiri kerap mengikuti kajian dengan hijab squad para selebriti

Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab Syar'i, Anggun dan Mempesona (sumber:Instagram/cutratumeyriska)

5. Hobi mengenakan hijab berbahan voal serta punya motif yang menarik

Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab Syar'i, Anggun dan Mempesona (sumber:Instagram/cutratumeyriska)

6. Sosok Cut Meyriska makin menawan dan anggun dengan hijab syar'i yang digunakan.

Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab Syar'i, Anggun dan Mempesona (sumber:Instagram/cutratumeyriska)

7. Cut Meyriska menjadi salah satu role model kalangan hijabers saat ini

Potret Anggun Cut Meyriska Saat Berhijab Syar'i, Anggun dan Mempesona (sumber:Instagram/cutratumeyriska)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki Katana Sudah Punya Peminat, Unit Dikirim Awal Tahun Depan

Posted: 25 Jul 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Suzuki Katana yang sempat dipamerkan di Jakarta Fair Kemayoran 2019, kembali tampil di GIIAS 2019. Motor gede (moge) dengan nilai historis tinggi ini tampil serba hitam.

Yohan Yahya, Department Head of Sales Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyebut, harga Suzuki Katana mencapai Rp 500 jutaan. Meski tergolong mahal, motor ini ternyata sudah ada peminatnya.

"Sudah ada yang pesan 10 orangan. Unitnya baru dikirim awal tahun nanti," ujarnya di GIIAS 2019.

Suzuki Katana merupakan motor yang lahir pada tahun 1980-an dan sempat menjadi tren di eranya.

Dengan lahirnya kembali motor legendaris ini, diharapkan bisa mengobati kerinduan para pecinta otomotif. Karena itu, motor ini juga memiliki nuansa retro untuk desainnya.

"Katama mengundang memori orang, kalau dilihat modelnya mengingatkan kembali ke masa waktu Katana lagi eksis, di samping mesinnya 1.000cc. Tapi kalau dilihat dari beberapa (konsumen) yang saya lihat usianya di atas 40an," kata Yohan.

 

Siapkan Bengkel Khusus

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, sebagai produk big bike tentu harus ada penanganan khusus. Oleh karenanya, peraawatan motor ini tidak bisa dilakukan di semua bengkel resmi Suzuki.

"Kami enggak kerja sendiri karena kami belum punya pengalaman menangani moge. Kami akan siapkan bengkel khusus tapi masih di bawah bengkel resmi Suzuki yang kami tunjuk untuk melayani motor ini. Semua di wilayah Jakarta,"

Sekadar informasi, Suzuki Katana hadir dalam tiga pilihan warna, di antaranya hitam, silver, dan merah.

Untuk dapur pacu, Katana disematkan mesin 999 cc 4 silinder, yang juga digunakan pada GSX -R1000 K5. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 150 Tk pada 10.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada 9.500 rpm.

Bicara GIIAS 2019, Suzuki mematok target penjualan hingga ratusan unit sepeda motor. "Targetnya 200 unit. Kami perkirakan yang memberikan kontribusi besar adalah GSX dan Nex," tutup Yohan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tas Ratu Elizabeth II Jadi Omongan Saat Terima Kunjungan PM Baru Inggris

Posted: 25 Jul 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson ke Istana Buckingham pada Kamis sore, 25 Juli 2019, jadi perhatian publik. Tapi, objek utama yang menarik atensi justru tas tangan hitam milik Ratu Elizabeth II.

Sang ratu nyaris menenteng tas hitam itu sepanjang waktu berbincang dengan PM baru Inggris. Dilansir laman Daily Mail, tas hitam itu juga ditentengnya saat menemui Theresa May yang menyampaikan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri.

Tas bermerek Launer itu menyeimbangkan penampilan perempuan 93 tahun tersebut yang mengenakan gaun motif berwarna biru keunguan cerah. Ia juga memakai aksesori kalung mutiara dan sebuah bros yang disematkan di dada kiri.

Banyak warganet bereaksi atas pembawaan Ratu Elizabeth sore itu. Ada yang berkelakar bila Ratu terlihat seperti akan pergi ke toko. Ada pula yang menilai tas hitam itu memang untuk menyeimbangkan penampilannya.

"Saya suka cara Ratu tetap membawa tas tangannya di dalam rumahnya sendiri, untuk jaga-jaga," tulis seorang warganet. Sementara, ada juga penghuni dunia maya yang mempertanyakan pesan tersembunyi di balik tas tangan Ratu Elizabeth.

Pesan Tersembunyi

Ratu Elizabeth II setibanya di pusat perbelanjaan Lexicon saat berkunjung ke Bracknell, London, Jumat (19/10). Ratu Elizabeth menghabiskan sebagian waktu siangnya untuk mengunjungi department store. (HENRY NICHOLLS/ POOL/AFP)

Menurut seorang sejarawan kerajaan  Vickers, anggota kerajaan biasa menggunakan tas yang dibawa untuk mengirimkan sinyal tersembunyi pada staf di sekitar. Umumnya menandakan bahwa ia siap untuk pindah dari sebuah perbincangan.

Kepada People, Hugo menjelaskan seperti dilansir Jumat (26/7/2019), anggota kerajaan bakal memindahkan tas dari tangan yang satu ke tangan lainnya. Hal itu bisa diindikasikan bahwa anggota kerajaan tersebut siap mengakhiri perbincangan.

Sementara, bila Ratu menempatkan tasnya di meja dalam sebuah event, hal itu menandakan Ratu siap untuk pergi dari lokasi tersebut. Sinyal lain yang juga menyampaikan pesan serupa adalah bila Ratu memutar cincin pernikahannya. Hal itu bisa dianggap bahwa Ratu ingin segera mengakhiri perbincangan.

Meski begitu, Ratu disebut sangat nyaman berbincang dengan PM Inggris. Ia menampilkan kesan itu secara sempurna saat menyambut Boris di kediamannya. Setelah agenda kenegaraan itu, Ratu akan segera beristirahat di Kastil Balmoral di Skotlandia untuk menghabiskan liburan musim panas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Pesepakbola Mesut Ozil Jadi Target Perampokan di London

Posted: 25 Jul 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, London - Dua pesepakbola Liga Premier mengalami insiden perampokan oleh geng bersenjata di pinggiran London pada hari Kamis.

Pemain Arsenal Mesut Ozil dan Sead Kolasinac menjadi sasaran rampok, tetapi keduanya lolos tanpa cedera, kata perwakilan klub kepada wartawan.

Dikutip dari BBC pada Jumat (26/7/2019), rekaman video yang viral di media sosial menunjukkan Kolasinac mengejar para perampok di Platts Lane, sebuah area komersial di distrik Golders Green, sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Kolasinac terlihat melawan dua pria yang memegang pisau, setelah sebelumnya berusaha membuka paksa sebuah kendaraan SUV yang dimiliki oleh Mesut Ozil.

Sementara di belakangnya, Mesut Ozil terlihat berusaha menelepon layanan darurat, dan segera ikut melawan kedua perampok yang mengepung Kolasinac.

Kedua perampok mencoba merebut akses ke pintu mobil, namun berhasil dicegah oleh Ozil dan Kolasinac.

Beberapa saat kemudian, terdengar sirine mobil polisi yang seketika membuat kedua perampok kabur dengan sepeda motornya.

 

 

Bukan yang Pertama Menyerang Pesepakbola

Ilustrasi Foto Pencurian dan Pencongkelan Mobil (iStockphoto)

Ozil dan Kolasinac kemudian diamankan ke sebuah restoran beberapa blok dari lokasi kejadian. Di sana, keduanya dimintai keterangan tentang upaya perampokan tersebut.

Tidak ada luka atau kerugian materil, kecuali goresan kasar di badan mobil akibat upaya buka paksa oleh perampok.

Seorang juru bicara Kepolisian Metropolitan London mengatakan: "Dilaporkan bahwa para tersangka yang mengendarai sepeda motor telah berusaha merampok dua orang pria yang mengendarai mobil."

Sejauh ini, belum ada kabar penangkapan terhadap dua perampok tersebut.

Apa yang terjadi pada Kolasinac dan Ozil bukanlah kasus pertama pada pesepakbola di jalanan London.

Pada 2016, striker klub West Ham, Andy Carroll, diancam dengan todongan senjata dalam perjalanan pulang dari sesi latihan.

 

Simak video pilihan berikut: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prahara Cinta Terlarang di Ponorogo, Calon Ibu Tewas Bersama Janinnya

Posted: 25 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Nasib tragis dialami HRS (19)  wanita warga Mangkujayan, Ponorogo. Dirinya tewas di tangan kekasihnya sendiri yang bernama Joko Hermanto (26), warga Babadan, Ponorogo. Diketahui, keduanya menjalani hubungan terlarang. Joko yang sudah memiliki istri tak mau bertanggungjawab atas kehamilan HRS.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, Kamis (25/7/2019) mengatakan, saat korban meminta pertanggungjawaban, pelaku Joko malah membunuh HRS beserta janin yang ada dalam kandungannya yang sudah berusia 6 bulan.

Radiant mengatakan, awalnya pelaku meminta ketemu korban untuk membicarakan hubungan mereka. Namun, pelaku tidak mau menjemput di rumah korban.

Pelaku dan korban bertemu di Terminal Seloaji Ponorogo. Lalu keduanya berangkat ke Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan pada Senin (22/7/2019).

"Niat awal pelaku ingin membunuh korban di Sarangan. Sudah persiapan dengan membawa sarung tangan. Tapi posisinya tempat wisata Sarangan ramai," kata Radiant. 

Akhirnya korban mengajak pulang pelaku. Di tengah perjalanan, tepatnya di jembatan sungai galok Kabupaten Ponorogo dengan Kabupaten Magetan korban berhenti. Alasannya ingin membuang air kecil.

Saat itu pelaku memasang sarung tangan untuk melakukan pembunuhan. Lalu mencekik korban, tetapi ada perlawanan. Keduanya pun terjun ke jurang.

"Pelaku semakin kalap saat sama-sama jatuh itu. Pelaku langsung membenturkan ke benda keras korban di sekitar lokasi," tambahnya.

Setelah itu pelaku menghilangkan jejak. Membuang sarung tangan di lokasi. Tetapi ponsel dan identitas korban dibawa pulang. "Baru kemudian korban ditemukan pencari rumput. Dan dilaporkan ke kami," urainya.

Dia menyebutkan, setelah dilakukan identifikasi jasad pembunuhan, ada keluarga korban yang datang ke Polres Ponorogo, bernama Andik Prasetyo. Andik yang mengaku sebagai keluarga korban kemudian mendatangi rumah sakit umum daerah Dr Harjono Ponorogo.

"Dan bisa mengenali semua ciri-ciri korban. Mulai dari baju yang dipakai sampai ciri-ciri lain," katanya.

Dari keterangan keluarga, korban menghilang sejak Senin, 22 Juli lalu. Keluarga sudah mencarinya, tetapi hasilnya nihil. Menghubungi korban dengan pesan whatsapp. "Kata keluarganya, bahasa yang digunakan dalam percakapan Whatsapp tersebut berbeda dengan kebiasaan korban. Dan akhirnya ke Polres," katanya.

Lebih lanjut, AKBP Radiant mengatakan ponsel yang dibawa pulang ke rumah pelaku, itu malah menjadi petunjuk. Menurutnya, petugas lalu melakukan pelacakan. "Terlacak. Kami lakukan bagi petugas. Ada yang nyanggong di rumah pelaku. Ada pula yang membuntuti," kata Radiant.

Rupanya, Kamis (25/7/2019) dini hari menjadi hari nahas dari pelaku. Polisi membuntutinya di Rumah Sakit Aisyah. Saat itu, pelaku mengantarkan istrinya berobat. "Keluar dari rumah sakit langsung kami tangkap. Tidak ada perlawanan sama sekali. Karena sudah ada bukti kuat," terangnya.

 

Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

Residivis

Foto korban HRS. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Hasil penyidikan, pelaku diketahui merupakan seorang residivis penganiayaan perempuan di bawah umur pada 2013. Korban baru keluar pada pertengahan 2018. "Jadi baru setahun keluar. Malah melakukan tindak kejahatan lagi," kata Radiant.

Pelaku juga terkenal playboy, kata Radiant, karena setelah keluar penjara, korban berpacaran dengan 7 wanita termasuk Hervina. "Pacarnya ada 7. Satu korban, satu lainnya jadi TKI. Dan statusnya sudah menikah," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku Joko dikenai pasal KUHP 340, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun atau seumur hidup.

Saat ditanya di hadapan wartawan, alasan pelaku membunuh HRS karena bingung. "Saya bingung karena disuruh tanggung jawab. saya sudah menikah," katanya.

Sementara itu, kakak korban, Andik Prasetyo mengatakan, adiknya tidak pernah mengenalkan secara utuh. Ia hanya kenal sekilas. "Bahkan saya kenalnya bernama Antok. Bukan Joko seperti nama aslinya itu," katanya kepada wartawan.

Ia mengatakan tidak curiga juga terhadap hubungan keduanya. Pasalnya, pelaku ke rumah juga sesekali saja. "Tidak tahu. Ya cuma tahu pacar. Tapi tidak tahu jika sampai hamil," katanya.

Dia mengaku, sebelum kejadian berdarah, korban pamit ke rumah teman, Senin, 22 Juli. Saat itu dirinya tidak ada di rumah. Korban hanya pamit kepada keluarga lain. "Biasanya pamit itu cuma sebentar. Tapi hingga malam tidak pulang. Saya kirim WA jam 9-an malam. Awalnya centang satu," katanya.

Namun, ada balasan, sekitar pukul 05.49 WIB, Selasa (23/7/2019). Dia bilang tidur di tempat temannya. Namun Andik tidak percaya begitu saja. Karena bahasanya berbeda.

"Di hari yang sama ada pemberitaan penemuan jasad perempuan tanpa identitas. Saya lihat cirinya sama. Akhir saya ke Polres," tambah pria berusia 40 tahun itu.

Dia pun harus menerima kenyataan. Karena saat mengecek di kamar jenazah di Rumah Sakit Umum Daerah dr Harjono Ponorogo, jasad itu adalah adik bungsunya.

"Harapan saya pelaku dihukum seberat-beratnya," katanya. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

[vidio:Farah Quinn Sudah 3 Tahun Pisah Ranjang]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Vs Bali United: Teco Tak Gentar Main di Kandang Maung Bandung

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung akan menjamu Bali United di pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019, Jumat (26/7/2019). Laga yang disiarkan Indosiar ini akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat.

Jelang pertandingan, pelatih Bali United, Sfefano Teco Cugurra, menyatakan timnya sudah siap menghadapi Persib. Mantan pelatih Persija Jakarta ini mengaku tak gentar meski hanya memiliki waktu dua hari untuk mempersiapkan tim.

Bagi dia, tim telah memanfaatkan waktu dengan baik untuk mengembalikan kondisi fisik seusai bertanding melawan PSS Sleman, 22 Juli 2019.

"Kami punya waktu sedikit untuk mempersiapkan tim. Karena banyak jadwal pertandingan yang dekat sekali. Kami hanya punya dua kali latihan seperti pada saat bermain di Lamongan. Sekarang setelah dua hari lawan Sleman, kita harus main dengan Persib," ujar Teco, seperti dilansir situs resmi klub.

"Jadi kami lebih fokus kepada recovery untuk semua pemain supaya mereka bisa fit untuk pertandingan lawan Persib," ujarnya.

Pantang Menyerah

Menurut Teco, Persib bukanlah tim yang mudah untuk ditaklukan. Untuk itu, ia berharap anak asuhnya bisa menunjuk semangat pantang menyerah untuk mencuri poin di Bandung.

"Kita tahu Persib tim yang sangat bagus. Kita respek kepada Persib. Tapi kita harus kerja ekstra keras karena lawan bagus. Mudah-mudahan Bali United bisa main bagus, menikmati pertandingan dan bisa meraih hasil positif," kata Teco.

Tanpa Pacheco

'Teco membawa 20 pemain dalam lawatannya kali ini. Pacheco terkena sanksi larangan bermain sekali setelah tindakan tidak sportif saat melawan Barito Putera, 14 Juli lalu.

"Ya, kita bawa 20 pemain yang semuanya siap tampil. Hanya satu yang tidak dibawa Pacheco," kata Teco.

Melawan Persib, Teco mengakui laga tersebut tidak akan mudah bagi timnya. Apalagi Persib punya keuntungan bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Punya Galaxy M dan Galaxy A di Rentang Harga Serupa, Apa Bedanya?

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, Samsung memutuskan untuk mulai menyederhanakan lini smartphone besutannya. Perusahaan asal Korea Selatan itu kini hadir dengan lini baru yakni Galaxy M, selain tetap mempertahankan Galaxy S, Galaxy A dan Galaxy Note.

Namun yang menjadi pertanyaan, ada beberapa produk dari seri tersebut yang memiliki harga bersinggungan, terutama untuk seri Galaxy A dan Galaxy M. Kedua lini itu dapat dikatakan memiliki beberapa produk di rentang harga yang sama.

Lantas, apa yang membedakan kedua model tersebut? Menurut Senior Product Marketing Manager SEIN, Selvia Gofar, perbedaan kedua produk tersebut adalah target pasar yang disasar Samsung.

"Galaxy M merupakan lini yang ditujukan untuk pengguna dengan banyak aktivitas, sedangkan Galaxy A memang menyasar generasi Live atau generasi muda," tuturnya saat ditemui usai peluncuran Galaxy M30 di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Oleh sebab itu, Samsung menghadirkan Galaxy M dengan sederet fitur yang mendukung penggunaan dasar sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah baterai yang besar, layar bagus, dan kemampuan kamera apik.

Sementara Galaxy A hadir dengan beragam fitur yang mendukung kebiasaan generasi milenial dalam membuat konten. Selain itu, lini Galaxy A juga hadir dalam rentang harga yang lebih luas.

"Jadi, nanti konsumen atau pasar yang akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing," ujar Selvia menuturkan. Sekadar informasi, Samsung sendiri baru saja merilis Galaxy M30 sebagai produk terbaru lini Galaxy M di Indonesia.

Harga Samsung Galaxy M30

Peluncuran Samsung Galaxy M30. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Samsung kembali menambah deretan smartphone anyar dalam lini Galaxy M. Kali ini, vendor asal Korea Selatan itu memperkenalkan Galaxy M30 untuk pasar Indonesia.

Sesuai namanya, Galaxy M30 merupakan model dengan spesifikasi paling tinggi untuk lini Galaxy M, setidaknya hingga saat ini. Hal itu dapat dilihat dari hardware yang disertakan Samsung di perangkat ini.

Samsung Galaxy M30 dibekali Exynos 7904 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Galaxy M30 hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan memiliki desain Infinity U.

"Penetrasi smartphone yang makin meluas dan kebutuhan meningkat. Kami merilis Galaxy M30 untuk pengguna dengan aktivitas tinggi sebab hadir dengan baterai besar, kamera mumpuni, dan layar yang bagus," ujar Head of IT & Mobile Business SEIN, Denny Galant, saat peluncuran Galaxy M30 di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Beralih ke sektor kamera, Samsung menyertakan tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 13MP untuk lensa utama, 5MP lensa wide-angle, dan 5MP depth sensor. Urusan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 16MP.

Seperti dua seri sebelumnya, Samsung kembali membenamkan baterai berkapasitas besar di Samsung Galaxy M30. Smartphone ini memiliki baterai 5.000mAh yang sudah mendukung fitur fast charging 15W.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Jadi 16 Kali Lipat, Samsat Manyar Surabaya Amankan Calo

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Surabaya - Samsat Manyar Surabaya Timur mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak menggunakan jasa calo untuk melakukan pelayanan di Samsat Surabaya.

Hal itu setelah tertangkapnya calo yang menawarkan pengurusan berkas di Samsat Manyar Surabaya Timur pada Kamis, 25 Juli 2019. Tertangkapnya calo itu stlah ada laporan dari korban yang merasa biaya jasa yang dikeluarkan lewat calo tersebut tidak wajar.

Petugas Samsat Manyar Surabaya Timur, Bripka Nur Kholik menuturkan, korban membayar hingga Rp 2,4 juta dari biaya administrasi normal yang hanya Rp 150 ribu. Korban datang ke Kantor Samsat untuk mengecek langsung lantaran merasa ada yang tidak wajar dengan biaya yang diminta calo.

Bripka Kholilik menuturkan, kronologi bermula pada Selasa, 23 Juli 2019, korban akan melakukan mutasi dari Samsatu Surabaya Timur ke Samsat Surabaya Barat. Namun, saat berada di lapangan parkir, ia didatangi oleh pelaku yang menawarkan jasa pengurusan mutasi tersebut.

Pelaku bermula minta imbalan sebesar Rp 800 ribu. Akan tetapi, menurut dia, pengurusan berkas itu tak kunjung selesai dan meminta uang beberapa kali hingga Rp 2,4 juta.

"Calo itu meminta Rp 800 ribu lalu diberi untuk didaftarkan, ternyata enggak selesai-selesai. Ditelepon masih belum selesai dan minta uang. Lalu enggak selesai-selesai, ditelepon lagi katanya ada berkas yang kurang lalu minta uang lagi total sekitar Rp 2,4 juta," ujar Kholik, seperti dikutip dari suarasurabaya.net.

Setelah dicek, berkas korban sebenarnya sudah selesai karena ada bukti pengambilan berkas.

Kholik menuturkan, selesainya berkas yang dibawa korban bukan karena usaha calo, tetapi memang berkas yang dibawa sudah lengkap. Oleh karena itu, ia imbau masyarakat waspada dan tidak menggunakan jasa calo untuk melakukan pelayanan di Samsat Surabaya.

 

Mengurus STNK di Jawa Barat Tak Perlu Datang ke Kantor Samsat

Warga mengisi formulir untuk membayar pajak kendaraan bermotor di samsat keliling di car free day, Jakarta, Minggu (27/8). Perpanjangan STNK tanpa BPKB hanya berlaku di gerai Samsat Keliling car free day. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil (Emil) menandatangani perjanjian kerja sama pemberlakuan Samsat Online Nasional (Samolnas) bersama Korlantas Polri yang diwakili oleh AKBP Herri Rio di Gedung Sate Bandung, Senin, 24 Juni 2019.

Dengan perjanjian tersebut, pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Barat wajib dilakukan secara online.

"Kami mendukung program dari pusat ini, walaupun kita di Jabar juga sudah online melalui Samsat J'bret," kata Gubernur Ridwan Kamil, dilansir Antara.

Menurut Emil, Samolnas merupakan penyempurnaan dari Samsat J'bret atau Jawa Barat Ngabret dan lewat Samolnas, wajib pajak tidak harus ke kantor Samsat untuk melakukan pengesahan karena Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan dikirim langsung.

"Ini adalah contoh bahwa kami beradaptasi dengan perkembangan zaman, yaitu teknologi pelayanan publik. Kita harus mengikuti kebiasaan masyarakat, yang penting kewajiban tertunaikan," katanya.

Kasi Standardisasi STNK Subdit Dit Regident Korlantas Polri AKBP Herri Rio mengatakan bahwa saat ini baru enam provinsi, termasuk Jawa Barat, yang sudah efektif menerapkan Samolnas.

Meski begitu, penandatanganan kerja sama sudah dilakukan di 34 provinsi. "Penandatanganan sudah 34 provinsi sejak April lalu, tapi yang sudah berjalan lima daerah ditambah Jabar jadi enam," katanya seusai penandatangan kerja sama Samolnas.

Herri menargetkan, dalam dua bulan, Samolnas, yang merupakan program dari Korlantas Mabes Polri, akan diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia.

"Target dua bulan lagi Samolnas berjalan di semua wilayah," katanya.

Samolnas bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan mencerminkan pola Good Government Service. Samolnas juga merupakan implementasi inovasi pelayanan pembayaran PKB, SWDKLLJ, dan pengesahan STNK tahunan secara elektronik.

"Samolnas berbasis self service dengan mengedepankan fungsi keamanan, integrasi dan otomatisasi," kata Herri.

Seusai penandatanganan, tim dari Korlantas Polri melakukan sosialisasi Samolnas kepada tim pembina Samsat Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari Bapenda Jawa Barat, Polda Jawa Barat, PT Jasa Raharja Jawa Barat, dan Bank BJB.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Akad Nikah, Krisjiana Baharudin Bikin Siti Badriah Menjerit Kesakitan

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siti Badriah, dan Krisjiana Baharudin tengah berbahagia, lantaran keduanya telah resmi menjadi pasangan suami istri. Dalam satu tarikan napas, Krisjiana berhasil mengucapkan ijab kabul.

Dalam akad nikah, Siti Badriah mendapatkan mas kawin berupa logam mulia seberat 20 gram.

Akad nikah ini digelar secara sederhana di kediaman Siti Badriah di kawasan Desa Lubang Buaya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (25/7/2019). Acara ini hanya dihadiri pihak keluarga saja.

Pada 27 Juli 2019 mendatang, Siti Badriah dan Krisjiana akan menggelar resepsi pernikahan di Tapos Bogor. Sibad, begitu ia biasa disapa, mengaku mengundang semua teman-temannya.

Bebas

Kabar bahagia datang dari pasangan Siti Badriah dan Krisjiana, dimana mereka berdua resmi menjadi pasangan suami istri. (Liputan6.com/IG/sitibadriahh)

Krisjiana Baharudin tak bisa menutupi kebahagiaannya setelah menjadi suami Siti Badriah. Kini ia bisa mengunggah apa pun bersama sang istri.

Hal itu diungkapkannya di Instagram Story Siti Badriah, Kamis (25/7/2019). "Sekarang Story apa aja bebas ya?" tanya suami pada Siti Badriah dalam video singkat tersebut. 

Digigit

Siti Badriah dan Krisjiana Baharudin (Foto: Instagram/@sitibadriahh)

Dalam video singkat itu, tampak wajah Krisjiana Baharudin gemas dengan Siti Badriah. Ia memegang hidung pelantun "Lagi Syantik".

Tiba-tiba, aktor FTV ini menggigit pipi Siti Badriah. Sontak, Sibad menjerit kesakitan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Optimalkan Komunikasi Keluarga, Ampuh Cegah Anak Terjerumus Narkoba

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga punya peran penting dalam menjaga buah hati agar tidak terjerumus dalam bahaya penyalahgunaan narkoba. Salah satu caranya yakni dengan pendekatan komunikasi keluarga.

"Salah satu upaya yang dapat digunakan adalah pendekatan komunikasi keluarga," kata dosen komunikasi keluarga FISIP Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah, Wisnu Widjanarko.

Orangtua, kata Wisnu, harus mengetahui saat usia remaja, anak tengah berada dalam fase pencarian jati diri. Saat di usia belasan itu, terjadi proses peralihan dari anak menjadi dewasa yang ditandai dengan rasa keingintahuan yang tinggi. Selain itu, kata dia, pada fase tersebut anak memiliki emosi yang kurang stabil dan cenderung naik turun.

Di fase ramaja anak sangat membutuhkan pengakuan, baik dari rekan sebaya maupun dari lingkungan terdekatnya, khususnya dari orangtuanya.

"Karena itulah anak pada usia remaja rentan terjerumus dalam bahaya penyalahgunaan narkoba, dan karena itulah peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anak melewati fase tersebut dengan perhatian penuh dan mengoptimalkan komunikasi keluarga," kata Wisnu seperti dikutip Antara, Jumat (26/7/2019).

 

Meningkatkan Kualitas Interaksi dengan Anak

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Menurut dia, orang tua harus terus meningkatkan kualitas interaksi dengan anak-anak mereka.

"Orang tua harus memberi pemahaman dan juga memberi dukungan kepercayaan terhadap harapan dan impian anak selama apa yang dicita-citakan tersebut positif dan konstruktif," katanya.

Sementara itu, dia juga mengatakan, dengan berkomunikasi secara langsung anak dapat meningkatkan interaksi sosialnya, baik dengan orang tuanya maupun dengan orang-orang di lingkungan terdekatnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Sepatu Putra Mahkota Abu Dhabi Curi Perhatian Warganet

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan baru saja berkunjung ke Tanah Air beberapa hari lalu. Kedatangannya ini dalam rangka pertemuan bilateral yang menghasilkan sejumlah kerja sama di bidang ekonomi.

Dalam kunjungannya tersebut ada hal dari Sheikh Mohamed yang berhasil mencuri perhatian warganet. Hal tersebut ialah sepatu yang dikenakannya, pasalnya Sheikh Mohamed mengenakan sneaker ketika bertemu dengan Presiden Jokowi.

Artikel tentang sepatu putra mahkota Abu Dhabi yang bikin warganet salah fokus menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 6 momen tak biasa orang saat berada di jalanan.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang reaksi kocak warganet terkait viralnya seorang fresh graduate Universitas Indonesia yang menolak tawaran gaji Rp 8 Juta.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pakai Sneakers Saat Bertemu Jokowi, Putra Mahkota Abu Dhabi Bikin Salah Fokus

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  bersama Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan memeriksa pasukan saat kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Kamis (24/7/2019). Keduanya menggelar pertemuan bilateral guna membahas sejumlah kerja sama. (Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)

Putra Mahkota Abu Dhabi atau Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan berkunjung ke Indonesia Rabu (24/7/2019). Kedatangan Sheikh Mohamed disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelum menuju Istana Bogor, Jokowi sempat mengajak Sheikh Mohamed mengelilingi Bundaran Hotel Indonesia. Hal ini dilakukan Jokowi untuk memperlihatkan pesatnya pembangunan Indonesia kepada sang Putra Mahkota. Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Sheikh Mohamed ini pun menghasilkan sejumlah kerja sama di bidang ekonomi.

Selengkapnya…

2. 6 Momen Tak Biasa di Jalanan Tertangkap Kamera, Bikin Bingung

Doc: Izismile.com

Seringkali terjadi peristiwa tak terduga di jalanan. Bila kamu beruntung dan bergerak cepat, kamu bisa menangkap momen tersebut dalam bidikan kamera.

Momen tak biasa tersebut biasanya bikin kita bingung: "Mengapa orang itu melakukannya?" Tapi tiap orang punya alasan tersendiri.

Selengkapnya…

3. Heboh Fresh Graduate UI Tolak Gaji Rp 8 Juta, Begini Reaksi Kocak Warganet

Ilustrasi Gaji

Saat duduk di bangku kuliah, kita tentu tak sabar untuk segera lulus dan merasakan pengalaman di dunia kerja. Terlebih lagi jika telah menerima uang atau gaji dari hasil kerja keras sendiri. Untuk nominal gaji sendiri, setiap orang tentu memiliki standarnya masing-masing.

Baru-baru ini sedang viral curhatan seorang mahasiswa fresh graduate (lulusan baru) dari Universitas Indonesia atau UI. Melalui Instagram Story, dirinya mengeluh karena "hanya" mendapat tawaran gaji Rp 8 juta per bulan.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Penyakit TBC dan Risiko Penularannya, Waspadai Sebelum Terlambat

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit TBC perlu diwaspadai penularan dan risikonya. Tuberkulosis atau TBC menjadi penyakit menular paling mematikan di dunia. WHO menemukan 10,4 juta kasus baru pada tahun 2016 dan 1,7 juta kematian akibat TBC. Penyebab penyakit TBC dapat dihindari dengan tindakan pencegahan dan pola hidup sehat.

WHO memperkirakan bahwa 9 juta orang menderita TBC dalam setahun. 3 juta di antaranya "terlewatkan" oleh penanganan medis. Penyebab penyakit TBC adalah bakteri yang bisa ditularkan. TB adalah salah satu dari 3 penyebab utama kematian wanita berusia 15 hingga 44 tahun.

Mengetahui penyebab penyakit TBC bisa membuat Anda lebih waspada dengan segala faktor risiko yang ada. Bakteri penyebab penyakit TBC biasanya menyerang paru-paru. Penyebab penyakit TBC yang tak segera ditangani akan menyebabkan komplikasi berat lainnya. Berikut ulasan mengenai penyebab penyakit TBC yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/7/2019).

Penyebab utama TBC

ilustrasi TBC (sumber: iStockphoto)

Penyebab utama TBC adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini ditularkan oleh orang yang terinfeksi TB paru (paru-paru) yang melepaskan Mtb ke udara melalui batuk, bersin, atau meludah. Meskipun tuberkulosis menular, penyakit ini tak lantas mudah menular begitu saja.

Bakteri penyebab TBC kadang-kadang bisa tetap hidup di udara selama beberapa jam, terutama di tempat-tempat kecil tanpa udara segar. Udara segar dan sinar matahari mempersulit bakteri untuk tetap hidup. Udara segar menaburkan bakteri dan sinar matahari membunuh mereka. Seseorang yang tinggal atau bekerja bersama penderita TBC jauh lebih tinggi berisiko daripada penularan dari orang asing.

Sejak 1980-an, jumlah kasus TBC telah meningkat secara dramatis karena penyebaran HIV, virus yang menyebabkan AIDS. Infeksi dengan HIV menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga sulit bagi tubuh untuk mengendalikan bakteri TB. Akibatnya, orang dengan HIV jauh lebih sering terkena TB dan berkembang dari penyakit laten menjadi aktif dibandingkan orang yang tidak HIV positif.

Jenis TBC

Jenis TBC (Pittawut/Shutterstock)

Dokter membuat perbedaan antara dua jenis infeksi TBC yaitu laten dan aktif.

TB Laten

Dalam beberapa kasus, bakteri menginfeksi tubuh orang tersebut tetapi tidak menimbulkan gejala apa pun. Ini dikenal sebagai TB laten. Bakteri tetap berada dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif. Mereka tidak menyebabkan gejala dan tidak menular, tetapi mereka dapat menjadi aktif.

TB aktif

Bakteri pada TB Laten kemudian setelah periode berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, mulai menyebabkan gejala TB. Ini dikenal sebagai TB aktif.

Sekitar sepertiga populasi dunia diyakini memiliki TB laten. Ada kemungkinan 10 persen TB laten menjadi aktif, tetapi risiko ini jauh lebih tinggi pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang terganggu, yaitu orang yang hidup dengan HIV atau kekurangan gizi, atau orang yang merokok.

Faktor Risiko TBC

Faktor Risiko TBC (Antonio Guillem/Shutterstock)

Tidak semua orang yang menghirup bakteri menjadi sakit. Pada banyak orang sehat sistem kekebalan mampu menghancurkan bakteri yang menyebabkan TB. Siapa saja bisa terkena TBC, tetapi faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko penularan. Faktor-faktor ini termasuk:

Sistem kekebalan tubuh melemah

Sistem kekebalan tubuh yang sehat sering berhasil melawan bakteri TBC. Tetapi tubuh tidak dapat melakukan pertahanan yang efektif jika daya tahan tubuh rendah. ejumlah penyakit, kondisi, dan obat-obatan dapat melemahkan sistem kekebalan. Ini termasuk:

HIV / AIDS

Diabetes

Penyakit ginjal berat

Kanker tertentu

Perawatan kanker, seperti kemoterapi

Obat untuk mencegah penolakan organ yang ditransplantasikan

Beberapa obat digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, penyakit Crohn dan psoriasis

Malnutrisi

Usia yang sangat muda atau lanjut

Bepergian atau tinggal di daerah tertentu

Menurut MayoClinic, Risiko tertular TBC lebih tinggi bagi orang yang tinggal di atau bepergian ke daerah yang memiliki tingkat TBC yang tinggi dan TBC yang resistan terhadap obat. TB mempengaruhi semua kelompok umur dan semua bagian dunia. Namun, penyakit ini kebanyakan menyerang orang dewasa muda dan orang yang tinggal di negara berkembang. Ini termasuk:

Afrika

Eropa Timur

Asia

Rusia

Amerika Latin

Kepulauan Karibia

Pencegahan Penularan TBC

Cegah Penyakit TBC dengan 5 Hal Ini (PR Image Factory/Shutterstock)

Jika seseorang dites positif terinfeksi TB laten, dokter mungkin menyarankan obat untuk mengurangi risiko mengembangkan TB aktif. Satu-satunya jenis TBC yang menular adalah varietas aktif, ketika itu mempengaruhi paru-paru. Jadi, jika bisa mencegah TB laten menjadi aktif, seseorang tidak akan menularkan TB ke orang lain.

Beberapa langkah umum dapat diambil untuk mencegah penyebaran TB aktif. Menghindari orang lain dengan tidak pergi ke sekolah atau bekerja, atau tidur di kamar yang sama dengan seseorang, akan membantu meminimalkan risiko kuman mencapai orang lain.

Mengenakan masker, menutupi mulut, dan ruang ventilasi juga dapat membatasi penyebaran bakteri. Di beberapa negara, suntikan BCG diberikan kepada anak-anak untuk divaksinasi terhadap TB.

Yang paling penting untuk dilakukan adalah menyelesaikan seluruh program pengobatan saat diresepkan. Bakteri TB-MDR jauh lebih mematikan daripada bakteri TB biasa. Beberapa kasus TB-MDR memerlukan kursus kemoterapi yang luas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2.050 Rumah di Maluku Peroleh Bantuan Bedah Rumah

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 2.050 unit rumah warga di Provinsi Maluku akan mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pelaksanaan bedah rumah tersebut akan dilaksanakan oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

"Kami (SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku) selaku perwakilan dari Kementerian PUPR di daerah pada tahun 2019 ini melaksanakan program BSPS atau bedah rumah sebanyak 2.050 unit rumah di enam kabupaten/kota di Provinsi Maluku," ucap Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku, Pither Pakabu, usai melakukan penyerahan buku tabungan untuk Program BSPS di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, seperti dikutip Jumat (26/7/2019).

Pither menjelaskan, ada dua jenis dana BSPS yang disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat. Pertama yakni Peningkatan Kualitas (PK) senilai Rp 17,5 juta dan Pembangunan Baru (PB) sebesar Rp 35 juta.

"Dana BSPS ini disalurkan Kementerian PUPR kepada masyarakat melalui bank penyalur dana bedah rumah. Penyerahan buku tabungan merupakan rangkaian kegiatan dari proses administrasi yang wajib diterima oleh penerima bantuan sebelum pembangunan fisik dilaksanakan," terangnya.

"Bantuan dana tersebut diterima oleh penerima bantuan BSPS dipergunakan dalam bentuk bahan bangunan dan sebagian untuk upah kerja tukang," dia menambahkan.

 

Jumlah Wilayah

BSPS yang telah dilakukan Kementerian PUPR. (pu.go.id).

Salah satu wilayah yang mendapat jatah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ialah Desa Batu di Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Ada sebanyak 20 unit rumah di kawasan tersebut yang memperoleh bantuan bedah rumah.

Selain di Desa Hatu, pemberian BSPS juga menyasar warga Negeri Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Di Desa Larike, terdapat 30 keluarga yang menerima bantuan program BSPS.

Perwakilan Perangkat Desa Larike, Abdurab Sia, mengutarakan rasa syukurnya sekaligus menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan perumahan bagi masyarakat kurang mampu di dusunnya.

"Semoga dengan adanya bantuan BSPS atau bedah rumah bagi 30 keluarga ini akan membantu mereka menempati rumah yang layak huni," ujar dia.

395 Rumah di Tabanan Bali Terima Bantuan Bedah Rumah

Pemkot Tangerang tuntaskan program bedah rumah 2018 dengan merehab 1.000 rumah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk tahun anggaran 2019 memberikan bantuan bedah rumah kepada 395 unit rumah di Kabupaten Tabanan, Bali.

Kasubdit Fasilitasi Pemberdayaan dan Kemitraan Direktorat Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Niken Nawangsari, menyatakan pihaknya ingin menyediakan rumah laik huni kepada masyarakat melalui program ini.

"Rumah yang laik huni harus memenuhi persyaratan berupa keselamatan bangunan (peningkatan kualitas konstruksi bangunan), kesehatan penghuni (pemenuhan standar kecukupan pencahayaan dan penghawaan serta ketersediaan MCK), dan kecukupan minimum luas bangunan (pemenuhan standar ruang gerak minimum per orang)," paparnya lewat keterangan tertulis, Jumat (5/7/2019).

Jumlah dana bantuan bedah rumah untuk masyarakat yang disalurkan Kementerian PUPR di Kabupaten Tabanan sebesar Rp 17,5 juta per unit rumah.

Pelaksanaan BSPS di Tabanan, lanjut Niken, dilaksanakan oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Bali, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

Berdasarkan data yang ada di SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Bali, 395 rumah yang akan menerima BSPS tersebut tersebar di Desa Antapan, Desa Megati, Desa Belimbing, Desa Pujungan, Desa Bantiran, Desa Belatungan, Desa Karyasari, dan Desa Buwit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Presiden Tunisia Meninggal, Sosok Ini yang Menggantikan

Posted: 25 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin parlemen Tunisia Mohammed Ennaceur menggantikan sementara Presiden Beji Caid Essebsi yang meninggal. Ennaceur harus menggelar pemilihan Presiden pengganti secepatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Antarpelatih Persib vs Bali United: Mengulang Rivalitas Musim Lalu

Posted: 25 Jul 2019 08:55 PM PDT

Bandung - Persib Bandung akan menghadapi Bali United di pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar. Kehebatan dalam meracik strategi akan mewarnai laga yang akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (26/7/2019).

Baik Persib maupun Bali United sama-sama ditangani pelatih bermental juara. Di kubu tuan rumah, Robert Alberts pernah membawa Arena FC menjuarai Liga Indonesia pada 2009/2010.

Sedangkan tim tamu, dikepalai arsitek pembawa Persija Jakarta juara Liga 1 2018, Stefano Cugurra Rodrigues atau karib dipanggil Teco.

Persaingan antara Robert dan Teco memanas pada musim lalu. Saat Robert masih melatih PSM dan Teco sebagai nakhoda Persija, kedua tim bertempur hingga akhir musim.

Keseruan terjadi pada dua pekan terakhir ketika Teco mampu menikung Robert untuk menggondol trofi Liga 1 2018. Kini, kedua pelatih kembali bertemu, tapi dengan seragam yang berbeda. Robert dengan Persib, Teco bersama Bali United.

 

Rekor Pertemuan Robert vs Teco

Sejak Teco kembali ke Indonesia pada 2017, kedua pelatih empat kali bertarung. Robert unggul pertemuan dengan satu kali memenangkan laga dan tiga partai lainnya berakhir imbang.

Untuk sementara, Teco mengungguli Robert berdasarkan peringkat sementara di musim ini. Bali United berada di peringkat kedua dengan 19 poin, unggul jauh enam angka dari Persib Bandung yang bertengger di posisi ke-9.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Sinyal Koalisi Jokowi Bakal Bertambah, Nasdem Khawatir?

Posted: 25 Jul 2019 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago menangkap sinyal penambahan koalisi di kubu Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Hal ini, ia katakan setelah mendengar pernyataan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Moeldoko yang mengatakan koalisi Jokowi atau Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan menjadi plus-plus setelah TKN resmi dibubarkan.

"KIK plus-plus itu kan signal," kata Irma di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Meski begitu, Irma berharap jika benar ada penambahan koalisi tidak menimbulkan perpecahan di koalisi Jokowi yang sudah bergabung sejak lama. Karena itu, dia menyarankan Jokowi sebagai pemegang hak prerogratif, untuk memilih partai yang tidak memiliki perbedaan signifikan dengan partai-partai koalisi lainnya.

"Sepanjang tidak menimbulkan friksi nanti di dalam dan memiliki kesamaan visi dan misi serta tidak jadi duri dalam daging karena terus dua kaki insya Allah membawa maslahat," ungkapnya.

Irma juga berharap partai yang bergabung ke koalisi Jokowi bukan partai yang memiliki perbedaan tinggi saat perhelatan Pilpres 2019. Itu dikhawatirkan menimbulkan perpecahan di internal partai koalisi.

"Tapi sebagai pribadi saya berharap jika ada tambahan, jangan yang friksi saat pilpresnya tinggi," ucapnya.

Masih Solid

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko membuka kemungkinan adanya partai politik baru yang akan bergabung ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun, Moeldoko menyatakan meski tanpa penambahan parpol baru, koalisi pemerintah saat ini masih solid.

"Kami masih meyakini penuh bahwa koalisi yang terbangun cukup baik, bahkan koalisi itu bisa plus-plus kan begitu. Jadi bukan hanya hotel aja yang plus-plus, koalisi plus-plus bisa kan," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengaku Selingkuhan Pablo Benua, Ini 6 Potret Areeya Jason Asal Thailand

Posted: 25 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat Pablo Benua ditetapkan jadi tersangka dalam kasus video 'Ikan Asin', istri pertamanya, Nia April Silalahi memberikan sebuah fakta mengejutkan, bahwa dirinya ternyata pernah memiliki perselingkuhan dengan wanita asal Thailand.

Wanita yang diduga jadi selingkuhan Pablo Benua ini memiliki nama Areeya Jason yang berasal dari Thailand. Baru-baru ini, sosok yang diduga selingkuhan Pablo Benua akhirnya muncul ke permukaan. Wanita bernama Areeya Jason itu buka suara terkait kisah masa lalunya dengan Pablo Benua.

Dirinya menjelaskan pada sebuah unggahan media sosial Instagramnya, yang mengatakan bahwa dirinya pernah berada di Bogor, di rumah Pablo saat membesarkan anaknya. Sayang, kebersamaan Areeya Jason dan anaknya tak berlangsung lama. Areeya mengaku ia harus dipisahkan oleh Pablo Benua lewat surat perjanjian.

Pada waktu itu dirinya dipisahkan dengan anaknya saat kembali ke Thailand dengan menandatangi sebuah dokumen yang dirinya tidak tahu isinya karena berbahasa Indonesia. Areeya Jason pun menandatangani surat itu yang isinya ternyata sangat merugikan. Ia merasa dibodohi oleh Pablo Benua karena harus kembali ke Thailand tanpa sang anak.

Berikut potret Areeya Jason, wanita Thailand yang mengaku ada hubungan dengan Pablo Benua yang Liputan6.com kutip dari @areeyajason, Jumat (26/7/2019).

Pengakuan Areeya Jason soal hubungannya dengan Pablo Benua di Instagramnya.

Areeya Jason (Sumber: Instagra/areeyajason)

Latar belakang mengenai Areeya Jason sendiri belum diketahui lebih dalam.

Areeya Jason (Sumber: Instagra/areeyajason)

Areeya adalah sosok yang sangat cantik bila sudah memakai makeup dan dress

Areeya Jason (Sumber: Instagra/areeyajason)

Areeya Jason terlihat masih cukup muda bila diperhatikan dari foto-foto yang dia unggah.

Areeya Jason (Sumber: Instagra/areeyajason)

Dirinya kerap membagikan fotonya ketika sedang liburan.

Areeya Jason (Sumber: Instagra/areeyajason)

Tak hanya mengunggah foto liburan, namun saat menyantap makanan di restoran pula.

Areeya Jason (Sumber: Instagra/areeyajason)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tommy Sugiarto Tersingkir dari Jepang Terbuka 2019

Posted: 25 Jul 2019 08:50 PM PDT

Tokyo - Tommy Sugiarto harus tersingkir dari ajang Jepang Terbuka 2019. Pebulu tangkis Indonesia itu kalah dari tunggal putra India, Sai Praneeth Bhamidipati di perempat final, Jumat (26/7). Tommy Sugiarto kalah secara straight set dari Sai Praneeth.

Di perempat final Jepang Terbuka Tommy Sugiarto tertinggal pada set pertama dari Sai Praneeth Bhamidipati. Tommy tak bisa melewati perolehan poin Sai Praneeth pada set pertama.

Selisih poin terdekat antara Tommy dan Sai Praneeth terjadi saat kedudukan 1-1. Setelah itu, Sai Praneeth melesat dan mengunci set pertama dengan skor 21-12.

Pada set kedua, Sai Praneeth masih menunjukkan dominasinya. Tommy Sugiarto kesulitan untuk mengimbangi lawannya yang berasal dari India tersebut.

Tommy Sugiarto sempat berusaha mengurangi selisih poin. Tommy Sugiarto menunjukka daya juang yang tinggi hingga akhirnya bisa berada di posisi 15-18.

Namun, Sai Praneeth meningkatkan intensitas permainannya dan menyudahi perlawanan Tommy Sugiarto di set kedua dengan skor akhir 21-15. Hal tersebut membuat Tommy Sugiarto harus angkat koper dari Jepang Terbuka 2019.

 

Perjalanan Tommy Sugiarto pada Jepang Terbuka 2019

Putaran Pertama

Tommy Sugiarto Vs Brice Leverdez (Prancis) : 26-24, 21-6

Putaran Kedua

Tommy Sugiarto Vs Wong Wing Ki (Hong Kong): 21-16, 21-17

Perempat Final

Tommy Sugiarto Vs Sai Praneeth Bhamidipati (India) : 12-21, 15-21

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Tunisia Tutup Usia 92 Tahun

Posted: 25 Jul 2019 08:47 PM PDT

Foto pada 30 Oktober 2018 memperlihatkan Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi saat berkunjung ke Istana Kepresidenan Bellevue di Berlin. Presiden tertua di dunia ini meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019). (FETHI BELAID/AFP)

Foto pada 30 Oktober 2018 memperlihatkan Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi saat berkunjung ke Istana Kepresidenan Bellevue di Berlin. Presiden tertua di dunia ini meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019). (FETHI BELAID/AFP)

File foto ketika Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi memberikan konferensi pers mengenai perombakan kabinet pada 8 November 2018 di Istana Carthage dekat ibu kota Tunis. Presiden tertua di dunia ini meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019). (FETHI BELAID/AFP)

File foto ketika Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi memberikan konferensi pers mengenai perombakan kabinet pada 8 November 2018 di Istana Carthage dekat ibu kota Tunis. Presiden tertua di dunia ini meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019). (FETHI BELAID/AFP)

File foto ketika Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi dalam konferensi pers di istana kepresidenan di Carthage, dekat ibu kota Tunis pada 3 Oktober 2018. Presiden tertua di dunia ini meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019). (AP Photo/Hassene Dridi)

File foto ketika Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi dalam konferensi pers di istana kepresidenan di Carthage, dekat ibu kota Tunis pada 3 Oktober 2018. Presiden tertua di dunia ini meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019). (AP Photo/Hassene Dridi)

Dalam foto yang disediakan oleh kepresidenan Tunisia, Presiden Beji Caid Essebsi menandatangani sebuah dekrit di ibu kota Tunis pada 5 Juli 2019. Presiden tertua di dunia ini meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019). (Slim Abid/Tunisian Presidency via AP)

Dalam foto yang disediakan oleh kepresidenan Tunisia, Presiden Beji Caid Essebsi menandatangani sebuah dekrit di ibu kota Tunis pada 5 Juli 2019. Presiden tertua di dunia ini meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019). (Slim Abid/Tunisian Presidency via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Bendungan Way Sekampung Capai 53,4 Persen

Posted: 25 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) sebagai kontraktor pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, saat ini tengah mengerjakan proyek tersebut dengan progres konstruksi sampai dengansaat ini telah mencapai 53,4 persen.

Bendungan yang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memasuki tahap pengelakan sungai yang ditandai dengan seremonial pengelakan sungai Way Sekampung.

Setelah dielakan maka air sungai mengalir melalui saluran pengelak (terowongan) kemudian tubuh bendung dapat mulai dilaksanakan kegiatan konstruksinya di bekas aliran sungai yang lama.

"Selain bermanfaat untuk irigasi, Bendungan Way Sekampung ini diharapkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air baku, pembangkit listrik dan menjadi daerah pariwisata", ungkap SVP Infrastructure 3 Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk Aris Mujiono dalam keterangannya, Jumat (26/7/2019).

Konstruksi Bendungan Way Sekampung paket 2 dikerjakan oleh Kerja Sama Operasi (KSO) PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan porsi sebesar 62,5 persen bersama dengan PT Adhi Karya(Persero) Tbk dengan porsi sebesar 37,5 persen sejak tanggal 28 September 2016. Proyek ini ditarget kanselesai September 2020.

 

Nilai Kontrak

Proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung (Sukoharjo) di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. (Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR)

Proyek ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp 829 miliar meliputi pekerjaanjalan dan jembatan, bangunan pelimpah (spillway), bangunan pengambilan, pekerjaan hidromekanikal, bangunan fasilitas, bangunan pengelak (terowongan), cofferdam dan bendungan utama.

Bendungan Way Sekampung yang memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2,48 m kubik perdetik.

Selain itu, bendungan ini akan memberikan pasokan air irigasi seluas 72.707 hektar, potensi listrik 5,4 MW, dan mereduksi banjir 185 meter kubik per detik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Promosi Unjuk Gigi di Pertamax Liga Ayo 1 2019

Posted: 25 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kejutan terjadi di pekan ke-3 Pertamax Liga Ayo 1 Jakarta. Dua tim promosi dari Liga Ayo 2 2018, Royal City FC dan Legend FC berhasil menduduki puncak klasemen Pertamax Liga Ayo 1 2019.

Royal City FC, yang pada tahun lalu promosi dengan status Runner Up Liga Ayo 2, berhasil meraih poin penuh atas tim Cerberus FC di Stadion Tugu Jakarta Utara. Kemenangan ini membawa mereka memimpin pool merah dengan raihan 9 poin.

Sebaliknya, meski hanya berbagi poin dengan tim PHP FC, juara Liga Ayo 2 2018 Legend FC mampu bertengger di posisi teratas pool putih dengan raihan 7 poin.

Pada Liga Pertamax Liga Ayo 2, dominasi tim Sabtu Sore FC semakin tak terbendung setelah mencukur tim RMB Junior FC dengan skor telak 7-0. Sukses ini membawa Sabtu Sore FC kokoh di puncak klasemen pool putih Liga Ayo 2 dengan total 9 poin dan surplus 12 gol.

Masih digrup yang sama, Mozes Manuhutu sukses menjadi pahlawan bagi tim C-UKI FC dengan mencetak hattrick pada pertandingan melawan Pasma FC yang berakhir dengan skor 5-0.

Berlangsung Ketat

Matchweek 3 Liga AYO 2019

Berbeda pada Pertamax Liga Ayo 3, pertandingan yang sangat ketat berlangsung antara tim Borobudur Muda FC dengan tim UCAM Indonesia. UCAM Indonesia merupakan klub sepakbola cabang dari kota Murcia Spanyol. Mereka sempat menemui kesulitan saat menghadapi perlawan tim Borobudur Muda FC, meski akhirnya bisa memenangkan pertandingan dengan skor 3-2.

Pertamax Liga Ayo Jakarta 2019 diikuti 48 tim sepakbola amatir yang terbagi menjadi 3 strata divisi. Kompetisi ini dapat dikatakan sudah menjadi cerminan wajah dan atmosfer sepakbola amatir Ibukota. Hasil pertandingan lainnya dapat diakses pada website resmi Liga Ayo di ayo.co.id ataupun instagram @ayo.indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: