Senin, 29 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tak Capai Target, Pemerintah Bakal Alihkan Kuota FLPP ke BTN

Posted: 29 Jul 2019 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengalihkan kuota fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) bank-bank yang tidak perform ke PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan beberapa bank lain yang kehabisan kuota FLPP.

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko D. Heripoerwanto menjelaskan saat ini memang kuota BTN dan beberapa bank untuk FLPP telah habis. Namun, di sisi lain ada bank pelaksana yang bertugas menyalurkan dana FLPP ini tidak perform.

"Kami akan mengalihkan kuota FLPP dari bank-bank yang tidak perform itu ke BTN dan beberapa bank lain yang kehabisan kuota FLPP," kata dia dalam keterangannya, Selasa (30/7/2019).

Menurut Eko, ukuran sebuah bank tidak perform dalam menyalurkan dana FLPP adalah apabila sepanjang semester pertama 2019 penyalurannya tidak sampai 25 persen.

"Dari bank yang kami nilai tidak perform, kuotanya bisa kami alihkan ke BTN atau bank lain yang sekarang ini kehabisan kuota," terangnya.

Eko menambahkan ada sekitar 5.000 unit rumah FLPP yang akan dialihkan ke BTN atau bank lain. 

"Prosesnya sedang kita persiapkan, dimana tidak perlu pakai menunggu revisi APBN 2019. Kita tinggal buat surat saja kok ke bank bersangkutan," terangnya.

 

BTN Siap Tampung

Seorang wanita menukarkan uang pecahan kecil pada mobil kas keliling Bank BTN di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu (7/6). Bank Indonesia bekerja sama dengan 13 bank lainnya melayani penukaran uang hingga 16 Juni mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono mengungkapkan perseroan siap menerima pengalihan kuota fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dari bank-bank yang dinilai tidak perform tersebut.

"Kami siap menerima berapa pun dialokasikan karena permintaan memang tinggi dan kuota Bank BTN sudah habis," terangnya.

Tercatat dari hasil evaluasi kuartal II-2019, dana FLPP yang telah disalurkan kepada masyarakat sebanyak 46.174 unit atau sekitar 67 persen dari target 68.858 unit.

Dari 39 bank pelaksana penyalur dana FLPP tahun 2019 yang terdiri dari 9 Bank Umum Nasional dan 30 Bank Pembangunan Daerah (BPD), sebanyak 18 bank pelaksana mampu menyalurkan KPR FLPP lebih dari 50 persen dari kuota yang diberikan berdasarkan Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO).

Adapun 18 bank pelaksana tersebut yakni BNI, BTN, BTN Syariah, BRI, Bank Mandiri, Bank Jabar Banten, Bank Sulselbar, Bank Kalbar, Bank Kalsel, Bank Kalsel Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Jatim, Bank Sumselbabel Syariah, Bank Aceh, Bank Jambi, Bank Nagari, Bank Sumselbabel, Bank Jambi Syariah.

 

Keputusan Dinilai Positif

Ilustrasi

Pengamat Pasar Modal, Haryajid Ramelan menilai pihaknya melihat keputusan untuk mengalihkan alokasi dana itu sangat positif dalam merespon kebutuhan pasar perumahan yang masih banyak dibutuhkan masyarakat.

Hal ini didukung oleh kinerja Bank BTN sangat baik dan bagus karena ditopang oleh sektor perumahan yang sampai saat ini masih menjadi dominan bisnisnya BTN. 

"Apalagi Kebutuhan perumahan masih sangat tinggi," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah Ini Temukan 11 Telur Dinosaurus Ketika Bermain di Tepi Sungai

Posted: 29 Jul 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejarah soal dinosaurus yang hidup ratusan juta yang lalu tentunya sudah kerap kali didengar masyarakat. Banyak penelitian yang mengungkapkan tentang hewan raksasa tersebut yang hidup sebelum adanya manusia. 

Dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dari klas Dinosauria. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias yaitu sekitar 230 juta tahun yang lalu dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun. Kepunahan hewan raksasa itu meninggalkan banyak fosil yang ditemui tersebar di beberapa negara yang kemudian berakhir menjadi penelitian para ilmuwan.

Baru-baru ini penemuan fosil telur dinosaurus ditemukan tak sengaja oleh seorang bocah di Tiongkok. Telur tersebut ditemukan sebanyak 11 butir dan diperkirakan berusia 66 juta tahun yang lalu. 

Bocah Temukan Fosil Telur Dinosaurus

Temukan fosil telur dinosaurus.(Sumbre: World of Buzz)

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Selasa (30/7/2019) seorang bocah laki-laki asal Tiongkok bernama Zhang Yangzhe berusia 10 tahun menemukan fosil langka saat ia sedang bermain. Zhang secara kebetulan menemukan sarang telur dinosaurus yang telah menjadi fosil saat dia sedang mencari alat untuk memecahkan beberapa buah kenari.

Ia melihat "batu aneh" di tanah ketika dia bermain di Sungai Dong di Heyuan, Provinsi Guangdong. Zhang pun memperhatikan bagaimana batu itu memiliki "lingkaran" di permukaan dan menunjukkannya kepada ibunya. Awalnya Zhang mengira lingkaran aneh di atas batu itu adalah semen, tetapi kemudian menyadari bahwa permukaannya tampak persis seperti pola kulit telur dinosaurus.

 

Berusia 66 Juta Tahun

Temukan fosil telur dinosaurus (Sumber: World of Buzz)

Zhang adalah bocah berusia 10 tahun yang sangat tertarik pada bidang sains dan dinosaurus. Ia bahkan telah melihat fosil dinosaurus di museum sebelumnya yang menjelaskan kehidupanya pada masa lalu. Sehingga Zhang sangat familiar dengan hal-hal mengenai dinosaurus. 

"Saya telah mempelajari pengetahuan ini dalam buku-buku dan di koridor budaya sekolah saya. Saya telah melihatnya di museum. Telur dinosaurus yang berbeda memiliki bentuk yang berbeda."  ucapnya dikutip dari World of Buzz. 

Ibu Zhang bernama Li kemudian memutuskan untuk memanggil pihak berwenang untuk memeriksa situs tersebut. Para ahli dari Heyuan Dinosaur Museum mengkonfirmasi bahwa "batu" itu memang sarang dari telur dinosaurus. Di Lokasi tersebut bahkan terdapat sebelas butir telur dinosaurus dan segera menggali situs tersebut. Panjang telur sekitar 9 cm. 

Setelah menggali dan menyelidiki, telah dikonfirmasi bahwa telur dinosaurus berasal dari periode Cretaceous (masa terakhir dinosaurus sebelum punah). Maka dari itu, bisa diperkirakan jika sarang telur tersebut berumur 66 juta tahun. Dikatakan pula bahwa daerah Heyuan adalah "rumah dinosaurus" di Tiongkok karena total 43 telur fosil telah ditemukan di kota itu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anjas Pramono Kreator Aplikasi Difabel Raih Penghargaan Pemuda Hebat dari Menpora

Posted: 29 Jul 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anjas adalah pemuda difabel yang berhasil menciptakan salah satu karya membuat aplikasi Difodeaf. Aplikasi ini menurutnya dapat mengubah bahasa (Indonesia, Inggris) menjadi gambar bahasa isyarat yang lebih disegmentasikan ke anak-anak.

"Alhamdulillah saya mendapat undangan ke salah satu universitas terkenal di Amerika sekaligus ke White House untuk mempresentasikan aplikasi ini bulan September mendatang," ujar pemuda 22 tahun dari Kediaman Rumah Dinas Menpora Imam Nahrawi di Jalan Widya Chandra III Nomor 14, Jakarta, Senin (29/7).

Pemuda asal dari Desa Besito, Gebong, Kudus, Jawa Tengah ini juga menyampaikan aplikasi lainnya yang ia buat yang terinspirasi dari pengalaman pribadinya saat mengunjungi tempat-tempat pariwisata yang menurutnya belum ramah disabilitas yang disebutnya Locable (Location for Difable).

"Ketika saya sampai tempat pariwisata itu saya bingung karena tidak ada lift, eskalator dan bidang miring yang saya temukan jadi nganggur nggga ngapa-ngapain karena ternyata tempatnya ngga ramah disabilitas, dari itu saya membuat aplikasi agar dapat melihat tempat umum mana saja yang sudah ramah disabilitas," ulas Mahasiswa Teknik Informatika 2016, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur ini.

Putra pasangan Sukamto dan Sri Susilowati ini berharap pemerintah ke depan dapat lebih memperhatikan kaum disabilitas baik untuk infrastrukturnya, pendidikan hingga kesempatan untuk bekerja agar dapat disamaratakan.

"Kaum disabilitas itu kebanyakan wirausaha bukan apa-apa karena memang terpaksa karena tidak ada lapangan pekerjaan yang sesuai meski di beberapa kementerian saat ini menyediakan jalur khusus menjadi PNS untuk kaum minoritas ini tapi angkanya masih terlalu sedikit," katanya.

Menurut Menpora, sosok Anjas memberikan inspirasi positif untuk mengembangkan beberapa program unggulan di Kemenpora.

"Inpirasi Anjas ini dapat mendorong percepatan di beberapa program kementerian/lembaga khususnya untuk memaksimalkan implementasi UU Disabilitas melalui Kemenpora karena kita sudah buktikan PNS untuk Disabilitas," ujar Menpora.

"Apa yang menjadi ide dan gagasan Anjas ini perlu kita dukung agar anak-anak kita dan saudara-saudara kita dengan segala keterbatasannya bisa kita support menembus batas, selamat jalan semoga sukses," kata Menpora.

Turut mendampingi dalam audiensi tersebut antara lain Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam, Asdep Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Wisler Manalu, Asdep Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Abdul Rafur, Sesdep Amar Ahmad dan Staf Khusus Komunikasi dan Kemitraan Zainul Munasichin. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tatyana Demyanova, Atlet Tercantik Sedunia yang Gemar Pose Seksi

Posted: 29 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Dubai - Nama Tatyana Demyanova sedang menjadi buah bibir netizen. Paras cantik wanita berusia 23 tahun itu membuat kaum Adan jatuh hati.

Tatyana Demyanova yang berasal dari Kazakhstan, menurut hasil survey di Express Sport dan Daily Star, merupakan atlet tercantik dan terseksi di dunia.

Wanita bertinggi 180 cm itu telah dikenalkan ibunya, yang juga pelatih voli, dengan olahraga bola voli sejak berusia 9 tahun. Dia memenangkan medali pertamanya di usia yang masih sangat belia, yakni 11 tahun.

Tatyana, di akun Instagram pribadinya, kerap memamerkan aktivitas sehari-hari, termasuk beberapa foto cantik nan seksinya. Wanita cantik itu sering sekali berpose dengan bikini.

 
 
 
View this post on Instagram

...меньше громких слов, больше тихих дел...

A post shared by Tatyana Demyanova🐾 (@tatarka5) on

Dengan mengunggah pose seksi, dia mempunyai pengikut yang cukup banyak. Tercatat, di Instagram, jumlah pengikut Tatyana Demyanova sudah mencapai 55 ribu.

 

Jago Bela Diri

Selain itu, Tatyana yang bergabung dengan tim nasional Kazakhstan, juga menggeluti dunia seni bela diri. Ia menyukai tinju dan Muay Thai, di mana atlet favoritnya ialah Floyd Mayweather.

Dia juga sering menghabiskan waktunya untuk berlibur. Terakhir, dia diketahui sedang liburan di Dubai, Uni Emirat Arab sambil menggunakan bikini bermotif harimau.

 
 
 
View this post on Instagram

One Night In Dubai🐾

A post shared by Tatyana Demyanova🐾 (@tatarka5) on

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WhatsApp Ungkap Fitur Multiplatform, 1 Akun Bisa Akses di Banyak Perangkat

Posted: 29 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bocoran menyebut bahwa Facebook kini tengah mengembangkan sebuah fitur baru untuk WhatsApp.

Mengutip laman BGR, Selasa (30/7/2019), WhatsApp nantinya akan memiliki kemampuan multiplatform. Dengan kemampuan ini, nantinya satu akun WhatsApp bisa login dan bisa dipakai di beberapa smartphone.

Misalnya saja, satu akun WhatsApp yang sama, bisa dipakai di iPhone, iPad, Mac, hingga Windows OS.

Kini pengguna memang sudah bisa menikmati penggunaan WhatsApp di komputer, namun tidak secara lengkap. Selain itu, saat menggunakan WhatsApp Web, pengguna butuh koneksi ke aplikasi WhatsApp utama yang biasanya ada di smartphone.

WhatsApp belum benar-benar bisa menghadirkan kemampuan multiplatform. Pasalnya, WhatsApp selalu ditautkan dengan satu nomor telepon saja, bukan ke akun yang dapat dipakai di banyak perangkat, apapun OS-nya.

Namun, berdasarkan informasi dari seorang pembocor yang dekat dengan pengembangan WhatsApp mengatakan, aplikasi berlogo hijau itu akan berubah. Bagaimana cara kerjanya?

Apa Saja Kemampuan Multiplatform WhatsApp

WhatsApp. Dok: irishtimes.com

1. Misalnya akun utama WhatsApp kamu ada di iPad, ketika aplikasi ini sudah memiliki kemampuan multiplatform, kamu bisa membukanya di iPhone tanpa harus berpindah akun dari iPad ke iPhone.

2. Kamu bisa login satu akun WhatsApp yang sama, di perangkat iOS maupun Android.

3. WhatsApp di komputer bisa dipakai tanpa perlu koneksi internet di WhatsApp smartphone. Kini, pihak WhatsApp tengah mengembangkan universal windows platform (UWP) app.

4. Sangat mungkin untuk menggunakan akun yang sama di Windows Phone (menggunakan UWP) dan WhatsApp for Windows.

Belum Jelas Kapan Dirilis

WhatsApp. Dok: gadgetsnow.com

Sayangnya, kemampuan multiplatform ini belum diketahui kapan akan tersedia pada WhatsApp.

Si pembocornya juga mengatakan, perilisan fitur baru ini akan meningkatkan sistem enkripsi end-to-end milik WhatsApp. Di mana, saat ini pesan harus disinkronkan di seluruh perangkat.

Untuk itu, Facebook perlu menemukan cara untuk menautkan semua pesan yang terpisah ke akun yang sama.

Selain WhatsApp, iMessage milik Apple juga menawarkan enkripsi end-to-end di seluruh perangkat.

Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan satu akun iMessage pada iPhone, iPad, dan Mac. Asalkan pengguna mengautentikasi ID Apple yang sama dan menyetujui masing-masing untuk penggunaan iMessage.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Praperadilan Ditolak, Status Tersangka Kivlan Zen Sah

Posted: 29 Jul 2019 10:30 PM PDT

Suasana sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim Guntur mengatakan penetapan tersangka Kivlan Zen sudah sesuai prosedur. (Liputan6.com/JohanTallo)

Suasana sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim Guntur mengatakan penetapan tersangka Kivlan Zen sudah sesuai prosedur. (Liputan6.com/JohanTallo)

Hakim tunggal Achmad Guntur memimpin jalannya sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim Guntur menyebut penetapan tersangka Kivlan Zen sudah didasari bukti permulaan yang cukup. (Liputan6.com/JohanTallo)

Hakim tunggal Achmad Guntur memimpin jalannya sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim Guntur menyebut penetapan tersangka Kivlan Zen sudah didasari bukti permulaan yang cukup. (Liputan6.com/JohanTallo)

Hakim tunggal Achmad Guntur memimpin jalannya sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Sidang kali ini tidak dihadiri oleh Kivlan Zen selaku pemohon. (Liputan6.com/JohanTallo)

Hakim tunggal Achmad Guntur memimpin jalannya sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Sidang kali ini tidak dihadiri oleh Kivlan Zen selaku pemohon. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kuasa hukum tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen saat mengikuti sidang permohonan praperadilan di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Menurut pengacara Kivlan Zen, Tonin Tachta mengungkapkan kliennya tidak hadir karena sakit. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kuasa hukum tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen saat mengikuti sidang permohonan praperadilan di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Menurut pengacara Kivlan Zen, Tonin Tachta mengungkapkan kliennya tidak hadir karena sakit. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa penuntut umum (JPU) saat mengikuti sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim PN Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan Kivlan Zen. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa penuntut umum (JPU) saat mengikuti sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim PN Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan Kivlan Zen. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa penuntut umum (JPU) memberi keterangan terkait sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim PN Jakarta Selatan menilai penetapan tersangka Kivlan Zen sudah sesuai prosedur. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa penuntut umum (JPU) memberi keterangan terkait sidang permohonan praperadilan tersangka kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim PN Jakarta Selatan menilai penetapan tersangka Kivlan Zen sudah sesuai prosedur. (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hasil Pemantauan PVMBG di Tangkuban Parahu

Posted: 29 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PVMBG terus melakukan pemantauan kondisi Gunung Tangkuban Parahu usai mengalami erupsi. Hasilnya, kondisi Tangkuban Parahu belum stabil hingga kini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Foto Momen Akad Nikah Donna Harun dan Ad Hanafiah

Posted: 29 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Donna Harun menikah untuk ketiga kalinya dengan pengusaha Ad Hanafiah, pada Jumat, 26 Juli 2019 lalu. Pernikahan Donna Harun dan Ad Hanafiah terbilang mengejutkan karena dilakukan saat usia sang peragawati senior itu memasuki 51 tahun.

Pernikahan ketiga Donna Harun dengan Ad Hanafiah itu juga sukses membuat heboh jagat maya. Sebab, foto-foto ibunda Ricky Harun dan Jeje Soekarno mengenakan kebaya pernikahan jadi sorotan warganet.

Tak ada yang menyangka Donna Harun bakal kembali naik pelaminan. Yang membuat warganet semakin heboh, di usia 51 tahun, Donna Harun tetap cantik laiknya perempuan remaja.

Berikut, foto-foto yang didapat Liputan6.com dari prosesi akad nikah Donna Harun dengan Ad Hanafiah.

Ijab Kabul

Suasana akad nikah Donna Harun dan Ad Hanafiah (ist)

Foto pertama mengabadikan Donna Harun dan Ad Hanafiah yang sedang menjalani prosesi ijab kabul. Proses akad nikah pasangan beda profesi ini dilangsungkan di sebuah hotel mewah di Jakarta.

Tampak dalam foto, Donna Harun tampil cantik dengan kebaya berwarna putih gading dipadu kain songket kuning muda. Melalui latar lampu yang senada, kecantikan Donna Harun sangat jelas terpancar saat proses ijab kabul berlangsung.

Bahagia

Suasana akad nikah Donna Harun dan Ad Hanafiah (ist)

Pamer buku nikah menjadi rangkaian acara berikutnya. Usai ijab kabul, Donna Harun dan Ad Hanafiah sama-sama memamerkan senyum.

Keduanya seakan lega sudah mengubah status sebagai pasangan suami istri. Tampak di foto, Donna Harun dan Ad Hanafiah berdiri dan tersenyum kepada tamu undangan yang hadir.

Foto Bareng Sandy Harun

Suasana akad nikah Donna Harun dan Ad Hanafiah (ist)

Setelah prosesi ijab kabul selesai, Donna Harun berkesempatan untuk foto bareng dengan keluarganya. Tampak dalam foto, ia berpose dengan Sandy Harun dan keluarganya yang lain.

 

Foto Bareng Suami

Suasana akad nikah Donna Harun dan Ad Hanafiah (ist)

Terakhir, Donna Harun kembali berfoto dengan Ad Hanafiah. Kali ini, keluarga menemani kedua pengantin baru yang baru saja menggelar resepsi pernikahan di Bali.

Donna Harun tampak menyatu dengan keluarga dengan tampilannya yang awet muda dan tetap cantik di usia 51 tahun. Dalam foto tersebut, Donna Harun terlihat seperti laiknya perempuan berusia 40-an.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua Siswa Meradang, Biaya Buku Pelajaran Tembus Rp1 Juta

Posted: 29 Jul 2019 10:28 PM PDT

 

Liputan6.com, Garut - Para orangtua siswa di Garut, Jawa Barat, mengeluhkan mahalnya harga buku pelajaran yang dijual pihak sekolah. Buku-buku pelajaran tahun ajaran baru itu dijual hingga mencapai Rp1 juta. 

"Sangat memberatkan bagi orangtua, apalagi yang memiliki anak yang sekolah lebih banyak," ujar Irman (38) orangtua dari siswa SD Negeri Sukagalih V Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (30/7/2019).

Irman mengatakan, meski pihak sekolah tidak mewajibkan siswa membeli buku-buku tersebut, namun bahan pelajaran dari guru semuanya bersumber dari buku yang dijual pihak sekolah tersbeut.

"Mau tidak mau kami ya harus beli, karena kasihan ke anaknya, tidak bisa belajar," ujarnya.

Dengan kondisi itu, ia berharap sekolah bisa melakukan pengadaan buku dan tidak membebani siswa untuk membeli buku terbitan perusahaan swasta nasional tersebut.

"Harusnya pemerintah menyediakan, terus bukunya dirawat, artinya jangan mengerjakan di buku paket, jadi buku siswa bisa dihibahkan ke adik kelasnya," katanya menambahkan.

Hal senada dikatakan, Sri Ayu (36), orangtua siswa di SD Negeri 1 Samarang. Menurutnya, pembelian buku pelajaran di atas Rp500 ribu jelas membebani orangtua siswa, sehingga alokasi khusus anggaran. "Mesti menunggu gajian nanti awal bulan," kata dia.

Sementara itu, Totong, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut mengaku, tidak mewajibkan siswa membeli buku pelajaran tersebut, terlebih lembaganya telah menyebarkan surat imbauan kepada seluruh sekolah, khususnya SD negeri untuk tidak membebankan siswa membeli buku pelajaran.

"Ini yang harus diluruskan, tidak boleh," ujarnya.

Untuk pengadaan buku pelajaran ini, ujarnya, pemerintah telah mengalokasikan anggaran dari Biaya Operasional Sekolah (BOS) hingga 20 persen.

"Aturan penggunaan dana BOS kan sudah jelas, kenapa harus ada pembelian buku lagi," katanya.

 

 

Lemahnya Pengawasan

Sejumlah siswa di salah satu lembaga pendidikan di Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Anggota Komisi IV DPRD Garut aktif, Yusep Mulyana mengatakan adanya pembelian buku pelajaran yang dibebankan kepada orangtua siswa, dinilai tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 8 tahun 2016.

"Belum lagi orangtua harus membeli LKS (Lembar Kerja Siswa) yang jumlahnya cukup banyak," kata dia.

Menurutnya pengadaan buku pelajaran, merupakan kewajiban pihak sekolah, sehingga tidak ada alasan membebani siswa membeli buku pelajaran termasuk LKS.

"Aturannya didasarkan pada UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No 17/2010, yang menegaskan kewajiban warga negara berusia 7 sampai 15 tahun untuk mengikuti pendidikan," kata dia.

Selama ini orangtua memilih bungkam melaporkan adanya pembelian buku pelajaran dan LKS, akibat kekhawatiran intervensi pihak sekolah kepada buah hatinya.

Bahkan dalam praktiknya, jual-beli LKS tidak hanya terjadi di tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), namun juga terjadi di Sekolah Dasar. "Saya sedang menginventarisir sekolah mana saja yang melakukan praktik jual beli-ini," ujarnya.

Untuk menghilangkan keresahan orangtua, lembaganya meminta pemerintah pusat mengingatkan seluruh sekolah untuk tidak mewajibkan pembelian buku pelajaran, termasuk LKS.

"Jangan hanya menggertak sambal saja, buktikan kalau memang ada sekolah yang menjual LKS akan terkena sanksi pencopotan jabatan," katanya.

Selain itu, lembaganya meminta Bupati Garut membentuk tim khusus untuk menindaklanjuti dugaan pelanggaran aturan, mengenai jual beli buku pelajaran itu.

"Jika memang terbukti bersalah, Kepala Dinas terkait harus bisa bertanggung jawab atas kelalaian dan kurangnya pengawasan pada sekolah," kata dia.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Gandeng Singapura Latih Kompetesi Guru SMK

Posted: 29 Jul 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian menjalin kerja sama dengan Institut Pendidikan Teknis (ITE) Singapura untuk meningkatkan kompetensi guru produktif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Langkah ini merupakan bagian terintegrasi dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja dan kompetitif.

"Kompetensi SDM menjadi faktor utama dalam mendorong kinerja industri, yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri Kemenperin, Eko Cahyanto, di Kantornya, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Melalui sasaran tersebut, pemerintah telah menetapkan pengembangan SDM berkualitas menjadi program prioritas nasional setelah pembangunan infrastruktur.

Pengembangan SDM dilakukan melalui penguatan sistem pendidikan, khususnya pendidikan kejuruan yang berorientasi pada kebutuhan pasar tenaga kerja (demand driven).

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk merevitalisasi pendidikan kejuruan nasional, Kemenperin perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat dan mengembangkan pendidikan vokasi.

Hal ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing sesuai kebutuhan industri saat ini terutama dalam kesiapan memasuki era industri 4.0.

"Pada Maret 2017, Bapak Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memenuhi undangan dari Menteri Pendidikan Singapura dan Institut Pendidikan Teknis (ITE) Singapura untuk mengunjungi kampus ITE dan mempelajari sistem pendidikan kejuruan (TVET) di Singapura. Kami melihat peran penting yang dilakukan oleh pendidikan kejuruan ITE dalam meningkatkan daya saing Singapura," paparnya.

 

Pengembangan Pendidikan Kejuruan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.comIlustrasi Guru dan Murid/copyright shutterstock

Dalam agenda pertemuan tersebut, disepakati untuk mengembangkan kerja sama antara Kemenperin dan ITE Singapura. Salah satunya adalah mengembangkan pendidikan kejuruan yang berorientasi industri di Indonesia.

Selanjutnya, pada pertemuan Retret Pemimpin pada peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Singapura pada 7 September 2017 di Singapura, Menteri Perindustrian RI dan Menteri Pendidikan Tinggi Singapura yang mewakili kedua negara menandatangani Nota Kesepahaman tentang kerja sama pengembangan pendidikan kejuruan untuk industri.

Momen ini disaksikan langsung oleh Presiden RI dan Perdana Menteri Singapura. Penandatanganan Nota Kesepahaman itu juga ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian teknis antara Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian dengan ITE Singapura dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian dengan ITEES (Layanan Pendidikan ITE).

Dari kesepakatan tersebut, menyetujui untuk mengatur program pelatihan sebanyak 99 kepala sekolah dan guru produktif SMK yang dilaksanakan di Singapura.

Programnya, antara lain Workshop Pelatihan Kepemimpinan (LTW) untuk 25 pemimpin dan manajemen TVET serta Program Peningkatan Keterampilan Teknis (TSUP) di bidang Teknik Mesin untuk 24 guru TVET.

Selanjutnya, TSUP di bidang Teknik Listrik untuk 25 guru TVET, TSUP di bidang Otomasi Industri untuk 25 guru TVET. "Program ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para pemimpin dan guru sekolah menengah kejuruan, yang selanjutnya dapat meningkatkan kemampuan profesional TVET di Indonesia," ujar Eko.

 

Melibatkan Guru dari Berbagai Wilayah Indonesia

Untuk tahap pertama, program LTW untuk 25 orang yang meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan manajemen sekolah, telah dilaksanakan pada 18 Februari-3 Maret 2018 di Kampus ITE.

Pada fase kedua, program TSUP untuk 50 orang guru produktif kejuruan di bidang Otomasi Industri dan Teknik Elektro telah dilaksanakan pada 17-28 pada September 2018 di Kampus ITE.

Fase ketiga, program TSUP untuk 24 orang guru produktif kejuruan di bidang Teknik Mesin telah digelar pada 10-21 Desember 2018 di Kampus ITE.

"Para peserta berasal dari sekolah kejuruan yang terlibat dalam Program Link and Match SMK dengan Industri yang berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur," ungkap Eko.

Setelah berpartisipasi dalam program pelatihan, para peserta harus melakukan Multiplier Workshop dalam program Post-training Sharing Workshop (PSW) kepada guru lain dengan rasio 1:3 sehingga nantinya akan ada sekitar 300 orang manajemen dan guru sekolah kejuruan yang memiliki kemampuan profesional untuk mengelola unit TVET secara profesional di Indonesia.

Tujuan LTW adalah untuk membekali pemimpin dan manajemen pendidikan kejuruan di Indonesia, khususnya Kepala Sekolah dan Kepala Bidang Kejuruan dengan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan keunggulan akademik di lembaga masing-masing.

Sedangkan tujuan TSUP adalah untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan staf pengajar pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya guru vokasi di bidang Teknik Listrik, Otomasi Industri dan Teknik Mesin untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam menentukan sistem dan proses pembelajaran.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Wisata Karawang Populer, dari Sejarah hingga Pesona Alam

Posted: 29 Jul 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisata Karawang manjadi destinasi alternatif yang tak jauh dari ibukota. Karawang merupakan sebuah wilayah kabupaten di Jawa Barat sekitar 66 kilometer dari Jakarta. Wisata Karawang bisa menjadi pilihan akhir pekan untuk bersantai.

Wisata Karawang menawarkan destinasi lengkap dan beragam. Wilayah Kabupaten Karawang sebagian besar dataran pantai yang luas. Di bagian tengah wilayah ini juga terdapat kawasan perbukitan sedangkan di bagian Selatan terdapat Gunung Sanggabuana dengan ketinggian ± 1.291 m di atas permukaan laut.

Letak geografis yang cukup beragam inilah yang membuat wisata Karawang begitu beragam. Selain alam, wisata Karawang juga terkenal dengan wisata sejarah berupa peninggalan peristiwa Rengasdengklok. Situs sejarah seperti candi juga ditemukan di wilayah ini. Berikut wisata Karawang paling populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(30/7/2019).

Situs Batujaya

Pekerja melakukan perawatan rutin Candi Blandongan, Batujaya, Kerawang, Jawa Barat  (9/5). Perawatan selain dikerjakan untuk merawat cagar budaya sekaligus menyambut hari raya Waisak yang jatuh pada tanggal 11 April 2017. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Situs Batujaya atau Kompleks Percandian Batujaya adalah sebuah suatu kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuno di Karawang. Situs Batujaya secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Situs ini terletak di tengah-tengah daerah pesawahan dan sebagian di dekat pemukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat. Titik candi yang menarik dikunjungi adalah Candi Jiwa. Bangunan candi Jiwa tidak terbuat dari batu, namun dari lempengan-lempengan batu bata.

Candi Jiwa memiliki struktur bagian atas menyerupai bunga teratai. Pada candi ini tidak ditemukan tangga, sehingga wujudnya mirip dengan stupa atau arca Buddha di atas bunga teratai yang sedang berbunga mekar dan terapung di atas air. Bentuk seperti ini adalah unik dan belum pernah ditemukan di Indonesia.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Pengunjung melihat  Monumen Kebulatan Tekad, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Jumat (17/8). Monumen Kebulatan Tekad dibangun untuk memperingati peristiwa 'penculikan' Soekarno-Hatta oleh Golongan Muda Indonesia.(Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Rengasdengklok, sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang menjadi salah satu saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Rengasdengklok adalah tempat Soekarno dan Hatta dibawa untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk mengenang peristiwa ini dibangunlah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok.

Monumen ini dibangun di atas tanah seluas 1500 m2, yang merupakan bekas lokasi markas PETA di Kampung Bojong Tugu, Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok. Di sini Anda dapat menemukan replika naskah proklamasi dari beton yang menyangga bola dengan tulisan 17 Agustus 1945.

Dibelakang monumen, Anda dapat melihat relief peristiwa proklamasi dari dinding melengkung. Untuk dapat masuk ke monumen ini Anda tak perlu menyiapkan uang alias gratis. Lokasi menuju tempat ini juga mudah diakses tepatnya berada di Jl. Raya R.Dengklok, R.Dengklok Sel., Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Situ Cipule

Penampilan pedayung Jawa Barat pada nomor kayak 4 pada PON XIX 2016 di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Situ Cipule adalah danau buatan di Ciampel, Karawang. walnya Situ Cipule merupakan bekas Galian C (galian pasir). Setelah deposit habis, galian tersebut menjadi genangan dengan luas ±75 Ha dan daratan ±27 Ha, sehingga luas keseluruhan aset 97 Ha. Situ Cipule juga sempat digunakan sebagai arena dayung untuk SEA Games 2011.

Situ Cipule kini menjadi tempat wisata keluarga yang menyenangkan. Yang unik dari danau ini adalah adanya pulau seluas 2 km yang disebut Pulau Cinta. Di pulau ini juga tersedia berbagai fasilitas seperti kuliner dan tempat bersantai. Lokasi Situ Cipule tak jauh dari Bendungan Walahar.

Curug Cigentis dan Curug Bandung

Sejumlah wisatawan menikmati air terjun di Kabupaten Karawang, Jabar, Kamis (29/6). Wisatawan memanfaatkan liburan Lebaran untuk mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Curug Cigentis

Curug ini berada dibawah kaki Gunung Sanggabuana dan merupakan wisata unggulan di Karawang. Meski harus menempuh 2 km dengan berjalan kaki dari tempat parkir, panorama yang disuguhkan sepanjang jalan begitu asri dan memesona.

Curug Bandung

Curug Bandung terdiri dari 7 air terjun dalam satu aliran sungai, dari mulai Curug Peuteuy, Curug Picung dan yang terbesar adalah Curug Bandung. Curug ini berada dibawah kaki Gunung Sanggabuana. Untuk menikmati keindahan curug ini Anda perlu berjalan kaki sejauh 3 km.

Wisata Pantai Utara

Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, yang ramai dikunjungi waga, Rabu (31/10/2018). (Liputan6.com/Abramena)

Pantai Tanjung Pakis

Tak cuma panorama pegunungan, Karawang juga menawarkan panorama pantai yang tak kalah indah. Salah satu pantai andalan untuk bersantai adalah Pantai Tanjung Pakis. Pantai Tanjung Pakis terletak di Kecamatan Pakis Jaya Kabupaten Karawang. Selain menawarkan pemandangan pantai, lokasi ini juga menyediakan sajian udang windu, bandeng bakar, dan santapan laut lainnya.

Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru merupakan pantai wisata andalan Kabupaten Karawang setelah Tanjung Pakis. Disini Anda dapat menikmati pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang. Lokasi Pantai Samudera Baru terletak di Kecamatan Pedes 30 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.

Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru terletak pada teluk di semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Lokasi Pantai Tanjung Baru terletak di Kecamatan Cilamaya 45 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang. Pantai berpasir putih ini juga cocok menjadi tempat bersantai bersama keluarga ditemani dengan ragam kuliner khas pantai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Akan Punah, Populasi Harimau India Justru Naik 30 Persen

Posted: 29 Jul 2019 10:23 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Populasi harimau India dikabarkan naik lebih dari 30 persen dalam empat tahun terakhir, menurut sensus baru, meningkatkan harapan atas kelangsungan spesies terkait yang terancam punah.

Hasil sensus yang dirilis untuk menandai peringatan Hari Harimau Global pada Senin 29 Juli, menemukan 2.967 ekor harimau di alam liar di seluruh India, naik dari jumlah empat tahun lalu sebesar 2.226 ekor.

Dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (30/7/2019), Perdana Menteri India Narendra Modi menyebut laporan tersebut sebagai "pencapaian bersejarah".

"Kami menegaskan kembali komitmen untuk melindungi harimau," kata Modi di New Delhi.

"Sekitar 15 tahun lalu, ada kekhawatiran serius tentang penurunan populasi harimau. Itu adalah tantangan besar bagi kami, tetapi dengan tekad, kami telah mencapai tujuan yang dicita-citakan," lanjutnya, seraya menambahkan bahwa India sekarang menjadi rumah bagi tiga perempat populasi harimau global.

Survei besar-besaran dilakukan setiap empat tahun di India, dengan sensus terbaru yang mencakup 15 bulan dan menggunakan 26.000 perangkap kamera, yang mengambil hampir 350.000 gambar di seluruh habitat harimau yang diketahui, kata Menteri Lingkungan Hidup Prakash Javadekar.

Gambar yang menunjukkan kucing besar dianalisis menggunakan program komputer untuk mengidentifikasi masing-masing makhluk secara individual.

Pejabat perlindungan margasatwa dan kehutanan mengatakan mereka menjelajahi daerah seluas 380.000 kilometer persegi untuk melaksanakan sensus terkait.

India Berhasil Jaga Komitmen Penyelamatan Harimau

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Pada tahun 1900, lebih dari 100.000 ekor harimau diperkirakan berkeliaran di Bumi, tetapi kemudian populasinya mencapai rekor terendah sebesar 3.200 ekor secara global pada 2010.

Tahun itu, India dan 12 negara lain yang memiliki populasi harimau, menandatangani perjanjian untuk menggandakan jumlah kucing besar mereka pada tahun 2022.

Sejauh ini, baru India yang diketahui berhasil melaksanakan komitmen terkait.

Populasi harimau liar di India telah meningkat secara signifikan sejak jatuh ke angka terendah pada 2006 silam, yakni ketika tercatat sebanyak 1.411 ekor.

Namun, mereka belum mengeluarkan laporan resmi yang tercatat pada tahun 2002, ketika sekitar 3.700 harimau diperkirakan masih hidup di India.

Beberapa sejarawan meyakini bahwa sekitar 40.000 harimau hidup di India pada saat negara itu merdeka dari Inggris.

Sementara itu, para pakar margasatwa memuji upaya pemerintah setempat, dan mengatakan peningkatan jumlah populasi harimau menandai babak baru dalam konservasi kucing besar di India.

"Skala dan besarnya penilaian tidak tertandingi secara global," kata Rajesh Gopal, Sekretaris Jenderal Global Tiger Forum.

Turut Dipicu Masalah Ciptaan Manusia

Gambar yang dirilis pada 29 Juli 2019 menunjukkan harimau Sumatera, Kartika dengan satu dari tiga anaknya yang berumur tujuh bulan, di Kebun Binatang Taronga, Sydney. Kerusakan habitat dan perburuan merupakan alasan utama langkanya harimau Sumatera ini. (RICK STEVENS/ARONGA ZOO/AFP)

Pihak berwenang di seluruh Asia melakukan pertempuran besar melawan pemburu liar, yang sering menjual bagian tubuh harimau ke pasar obat tradisional Tiongkok yang menguntungkan, serta masalah buatan manusia lainnya seperti pembabatan lahan hijau.

India telah berupaya meningkatkan pengelolaan predatornya, menyediakan 50 habitat mulai dari kaki bukit Himalaya di timur laut hingga wilayah di India barat dan tengah, khusus untuk hewan.

Namun, pada saat yang sama, membludaknya populasi penduduk yang kian merambah ke habitat satwa liar, mendorong terjadinya konflik antara hewan dan manusia.

Lebih dari 60 harimau telah mati atau terbunuh tahun ini di India, menurut angka pemerintah. Merupakan kejahatan untuk membunuh harimau, yang dikategorikan sebagai terancam punah berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar India.

Pekan lalu, seekor harimau betina dipukuli hingga mati oleh sekelompok orang, sehari setelah menerkam seorang warga hingga tewas dan melukai delapan lainnya.

Harimau betina lain dan kedua anaknya mati bulan lalu setelah penduduk desa meracuni bangkai sapi yang diburu sehari sebelumnya.

Sekitar 30 orang terbunuh oleh harimau di India tahun lalu, menurut pemerintah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem Minta DKI Belajar Pengelolahan Sampah ke Wali Kota Risma

Posted: 29 Jul 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta berharap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberi contoh pengelolaan sampah Jakarta.

Hal itu diketahui dalam video yang beredar yang berisi percakapan Fraksi Nasdem yang bertemu Risma dan membeber bahwa anggaran sampah DKI Rp 3,7 triliun namun masalah sampah masih jadi pekerjaan rumah.

"Beliau agak terkesima. Ya wajarlah, DKI itu kan besar," kata Ketua Fraksi Nasdem Bestari Barus saat dikonfirmasi, Selasa (30/7/2019).

Bestari menyatakan, anggaran pengelolaan sampah yang besar juga dipengaruhi jumlah warga yang banyak.

"Kan penduduknya jauh lebih banyak. Jadi produksi sampahnya lebih besar gitu," ucapnya.

Bestari menyatakan, studi banding ke Surabaya diperlukan, salah satunya untuk mempelajari sistem tipping fee pengelolaan TPS di sana.

"Ada yang satu menarik bahwa Bu Risma mengatakan, 'Apabila kami punya uang, maka kami tidak akan biarkan perusahaan mana pun mengelola model ITF itu. Kami akan kelola sendiri sehingga kami tidak harus membayar tipping fee," ujar Bestari

Diketahui, DKI menyerahkan pengelolaan ITF pada BUMD DKI. Menurut Bestari, Risma menyebut tidak seharusnya sampah dikelola badan untuk mencari keuntungan.

Bestari membantah hasil kunjungannya untuk membanding-bandingkan kinerja Pemprov DKI dengan Pemkot Surabaya.

"Mau ngadu-ngaduin gue sama Anies Baswedan. Jangan diadu-adu terus nanti," tandasnya.

Diketahui, Risma mendapat kunjungan rombongan dari DKI Jakarta yakni Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD dan Pemda DKI Jakarta datang ke Kota Pahlawan untuk studi banding soal pengelolaan sampah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Tewas Dibunuh, Kim Samuel Ucap Kalimat Perpisahan Mengharukan

Posted: 29 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Ayah Kim Samuel, Jose Arredondo, tewas dibunuh di rumahnya yang terletak Meksiko pada 16 Juli 2019 lalu. Polisi menemukan bekas pukulan dengan benda tumpul di tubuh pria 58 tahun ini.

Selama dua minggu sejak tragedi ini, Kim Samuel tidak melakukan aktivitas apa pun di media sosial. Hingga hari ini, Selasa (30/7/2019), untuk pertama kalinya bintang Korea ini akhirnya buka suara.

Di Instagram pribadinya, @its_kimsamuel, artis 17 tahun ini mengunggah sejumlah ucapan manis untuk sang ayah. Yang lebih mengharukan, bila Jose Arredondo masih hidup, seharusnya Kim Samuel bisa melalui merayakan ultah Jose Arredondo.

"Happy birthday dad. Selalu berada di hatiku. Kamu adalah seorang legenda untukku," tulis Kim Samuel.

Harapan Kim Samuel

Kim Samuel di samping peti mati sang ayah (Instagram/ its_kimsamuel)

Tak hanya itu, Kim Samuel juga berharap ia bisa menjadi seseorang seperti ayahnya.

"Aku berharap bisa seperti dirimu di masa mendatang. Aku sangat merindukanmu. Aku sungguh mencintaimu, Ayah," kata Samuel. Ia juga menulis tagar "Rest in Peace" dan "Jose Arredondo" dalam keterangan fotonya.

Momen Samuel dan Sang Ayah

Kim Samuel dan sang ayah  (Instagram/ its_kimsamuel)

Dalam foto-foto yang diunggahnya, Kim Samuel membagikan momen-momen awal dan terakhir dalam hidupnya bersama sang ayah.

Kim Samuel memasang foto saat ia balita dan digendong sang ayah, hingga foto saat ia berdiri di samping peti mati Jose Arredondo saat pemakaman.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permohonan Praperadilan Kivlan Zen Ditolak

Posted: 29 Jul 2019 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak permohonan praperadilan yang diajukan Kivlan Zen. Dengan begitu, penetapan tersangka dan penangkapan Kivlan dalam kasus kepemilikan senjata api ilegal dinyatakan sah.

"Mengadili, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Hakim Tunggal, Achmad Guntur saat membacakan putusan praperadilan di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Selasa (30/7/2019).

Hakim Guntur menyatakan, penerapan status tersangka Kivlan Zen oleh kepolisian sudah sesuai prosedur. Penetapan tersangka, kata dia, telah didasari bukti permulaan yang cukup.

Dilansir Antara, hakim menyatakan permohonan pemohon tentang penetapan tersangka, penangkapan, penahanan dan penyitaan tidak beralasan. Karena itu, permohonan pemohon ditolak secara keseluruhan.

"Permohonan pemohon patut ditolak untuk seluruhnya," tegas Guntur.

Hakim juga mengatakan, penetapan dan penangkapan Kivlan Zen sudah dilengkapi bukti surat penangkapan, surat penyitaan dan surat penahanan. Hakim mengatakan, seluruh dalil permohonan pemohon tidak beralasan.

 

Terkait Rencana Pembunuhan Tokoh

Banner Infografis 4 Tokoh Nasional Jadi Target Pembunuhan. (Liputan6.com/Abdillah)

Sebelumnya, Kepolisian telah menetapkan Kivlan sebagai tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal terkait dengan enam tersangka yang berniat membunuh empat tokoh nasional dan satu pimpinan lembaga survei.

Penetapan tersangka itu berkaitan dengan pengembangan kasus kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Kivlan kemudian ditahan di Rutan Guntur Polda Metro Jaya sejak 30 Mei 2019 selama 20 hari. Polisi selanjutnya memperpanjang masa penahanan Kivlan selama 40 hari terhitung sejak Selasa (18/6) lalu.

Polisi menjerat Kivlan dengan Undang-Undang Darurat pasal 1 ayat 1 Nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata api yang memiliki ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Kemudian, Kivlan mengajukan praperadilan untuk menggugat Polda Metro Jaya karena keberatan terhadap status tersangka atas kasus dugaan kepemilikan senjata ilegal.

Mantan Kastaf Komando Strategi TNI AD itu melalui kuasa hukumnya, Tonin Tachta memohon majelis hakim untuk menggugurkan status tersangka kliennya karena dinilai cacat prosedur. Permohonan Kivlan tercatat dengan nomor perkara 75/Pid.Pra/PN.JKT.SEL.

Dalam permohonannya, sebanyak empat saksi dan ahli dari pihak Kivlan telah memberikan keterangan dalam sidang. Sementara itu, dua saksi ahli dari Polda Metro Jaya juga sudah memberikan keterangan.

Kivlan juga didampingi oleh Tim Pembela Hukum (TPH) dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam sidang praperadilan tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Topeng dari Kertas Karton yang Mudah dengan Alat Sederhana

Posted: 29 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat topeng dari kertas karton tidak begitu sulit. Kamu bisa membuat topeng dari kertas karton berikut sebagai prakarya di sekolah maupun untuk pesta topeng. Meski saat ini sudah banyak topeng yang dijual bebas di pasaran, namun dengan membuat sendiri bisa kamu sesuaikan dengan kreativitas dan imajinasimu.

Topeng bisa dibuat dari berbagai macam media, seperti kayu, karet, kertas, dan lain-lain. Agar lebih mudah dalam menemukan bahan-bahannya, kamu bisa menggunakan kertas karton sebagai baha utama pembuat topeng.

Cara membuat topeng dari kertas karton bisa dibuat untuk berbagai tujuan. Selain biasanya banyak orang yang menggunakannya untuk pementasan seni, tugas sekolah, hingga sebagai permainan untuk anak-anak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/7/2019) langkah-langkah cara membuat topeng dari kertas karton.

Cara membuat topeng dari kertas karton

Seringkali kamu melihat di film-film luar negeri sang tokoh utama menggunakan topeng dalam sebuah pesta. Biasanya topeng tersebut memiliki desain yang cukup gemerlap untuk menutup mata. Kamu bisa mengikuti cara membuat topeng dari kertas karton untuk pesta satu ini sebagai acuan pembuatan topeng yang kamu inginkan. Begini cara membuat topeng dari kertas karton yang bisa kamu ikuti:

Alat dan Bahan:

1. Kertas Karton

2. Alat Tulis (Pensil, Pena, atau Spidol)

3. Gunting

4. Pisau Cutter

5. Kuas

6. Lem

7. Pewarna (seperti cat air, cat poster, atau cat untuk styrofoam)

8. Aksesori tambahan (seperti kain, bulu, atau glitter, dan lain-lain)

Membuat Desain Topeng

Cara Membuat Topeng dari Kertas Karton (Sumber: iStockphoto)

Menentukan Desain Topeng

Topeng pesta biasanya memiliki bentuk oval yang memanjang secara horizontal dengan sebuah lekukan yang menonjol pada bagian hidung. Dengan melihat berbagai referensi dari internet, kamu bisa memilih desain topeng yang akan kamu buat. Bila melihat referensi dari topeng yang biasanya dipakai pada pesta-pesta di film, maka kamu bisa membuat topeng yang lebih sederhana yang hanya menutupi sebagian wajah, yaitu berada di atas alis dan berakhir di bagian atas tulang pipi, dengan bolongan pada bagian matanya. Kamu bisa memilih desain topeng sesukamu dalam cara membuat topeng dari kertas karton ini.

Membuat Gambar Sketsa di Kertas Karton

Setelah menentukan desain topeng yang ingin kamu buat, cara membuat topeng dari kertas karton selanjutnya adalah membuat gambar sketsa di kertas karton. Kamu bisa menumpuk beberapa kertas agar topeng menjadi lebih kuat. Gunakan kertas karton yang tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil juga. Sesuaikan dengan wajahmu. Lalu gambarkanlah sketsa tersebut dengan pensil atau alat lainnya.

Kamu juga bisa berkreasi disini agar topeng yang kamu buat sesuai dengan keinginan. Kamu bisa menambahkan bentuk petir, api atau hal-hal lainnya yang kamu sukai agar topengmu terlihat lebih menarik. Dengan menambahkan detail gambar seperti ini, topeng tidak akan terlihat hambar.

 

Potong dan Warnai

Cara Membuat Topeng dari Kertas Karton (Sumber: iStockphoto)

Potong Desain yang Telah Jadi

Setelah selesai membuat desain yang kamu inginkan, cara membuat topeng dari kertas karton selanjutnya adalah memotongnya. Kamu bisa mengguntingnya mengikuti alur yang telah kamu buat pada desainmu. Guntinglah dengan hati-hati agar terlihat rapi. Gunting juga pada bagian mata lebih besar daripada ukuran mata kamu agar lebih nyaman dan bisa melihat dengan leluasa.

Mewarnai Topeng

Cara membuat topeng dari kertas karton selanjutnya adalah mewarnainya. Sebalum mewarnai topeng, kamu wajib menandai bagian-bagian yang akan diwarnai terlebih dahulu. Dengan membuat garis-garis sebagai pembatas warna, dan lekuk topeng, maka topeng yang akan kamu warnai akan lebih rapi. Gunakan kuas kecil agar warna pada topeng lebih rapi dan tidak mengotori atau terciprat kemana-mana.

Lem Aksesori dan Tambahkan Gagang

Cara Membuat Topeng dari Kertas Karton (Sumber: iStockphoto)

Tunggu Cat Sampai Kering

Setelah mewarnai topeng dengan cat, maka kamu harus menungg cat sampai kering terlebih dahulu sebagai bagian dari cara membuat topeng dari kertas karton. Jangan sampai terburu-buru agar mendapatkan hasil yang maksimal. Letakkkan topeng di atas permukaan yang sudah diberi alas di ruang terbuka.

Lem Aksesori Tambahan

Bila kamu ingin menambahkan aksesori tambahan, kamu bisa melakukannya setelah cat kering. Dalam cara membuat topeng dari kertas karton, kamu juga harus mempertimbangkan agar aksesori tambahan tersebut tidak membuat topeng malah tampak tidak rapi atau tidak enak dipandang. Sesuaikan dengan tema topeng yang kamu buat.

Buat Gagang

Cara membuat topeng dari kertas karton selanjutnya adalah membuat gagang. Di sini kamu bisa memilih, apakah akan menggunakan gagang pada topengmu agar bisa dipegang-pegang atau menggunakan karet seperti topeng anak-anak yang biasa diikat ke belakang kepala.

Dalam membuat gagang, kamu bisa menggunakan, sedotan yang keras, sumpit, karton, hingga kayu kecil. Jangan lupa untuk menghias gagang sedemikian rupa agar tidak terlihat terlalu berbeda dengan desain topengmu. Kamu bisa menempelkannya dengan lem dimana saja asalkan nyaman. Bahkan banyak juga topeng yang tidak menggunakan gagang.

Setelah memasang gagang dengan lem, tunggu sampai mengering sekitar setengah jam. Untuk memastikan lem sudah kuat atau belum coba goyang-goyangkan. Bila belum erat tambahkan lem dan tunggu lagi sampai kering.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei: Pengusaha Yakin Bakal Raup Pendapatan Lebih Tinggi Usai Pilpres

Posted: 29 Jul 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku bisnis Indonesia menunjukkan sinyal positif dalam berusaha, setelah pemilihan presiden tahun ini. Mereka memiliki harapan tertinggi di dunia untuk menaikkan harga jual produk atau jasanya dalam waktu mendatang.

Data terbaru International Business Report (IBR) dari Grant Thornton periode semester I 2019 menyebutkan, sekitar 69 persen pelaku usaha Indonesia dari total responden berharap melakukan kenaikan harga jual di tahun mendatang. Hasil ini naik signifikan dibandingkan periode survei sebelumnya (semester II 2018) yang berada di level 55 persen.

Bahkan level Indonesia ini lebih tinggi dibandingkan level rata-rata pebisnis di kawasan ASEAN yang berada di 45 persen, sedangkan global lebih rendah, yaitu 32 persen.

Data IBR Grant Thornton ini merupakan hasil survei di 35 negara dengan responden para pelaku usaha atau selevel managing director, dikutip dari Merdeka.com, Selasa (30/7/2019).

Keyakinan terhadap kondisi ekonomi Indonesia ke depan juga tampak dari hasil survei lainnya. Yang mana 79 persen pelaku usaha Indonesia berharap untuk memperoleh pendapatan lebih tinggi dalam 12 bulan ke depan.

Level tersebut melejit dibandingkan periode sebelumnya yang berada di level 62 persen, serta jauh di atas rata-rata ASEAN yang 54 persen dan pelaku usaha global yang berada di level 35 persen.

Secara umum, optimisme bisnis pelaku usaha Indonesia berada di urutan ke-3 di dunia pada periode survei (semester I 2019) dengan level optimisme 66 persen. Setelah Filipina dan Vietnam yang berada di posisi pertama dan kedua.

Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia, menjelaskan pemeringkatan IBR tahun ini cukup konsisten dengan pandangan secara makro, yang mana pelaku usaha di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, India, Filipina, dan Vietnam secara konsisten menunjukkan kecenderungan lebih tinggi untuk investasi secara fisik, kegiatan R&D, dan teknologi.

 

Fokus Research and Development

Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis. Kredit: Freepik

Meski ASEAN menunjukkan optimisme bisnis baik, secara global pelaku usaha kembali mencatat penurunan terkait rata-rata optimisme bisnis dalam setahun ke depan. Optimisme global hanya berada di level 32 persen, turun dari periode survei sebelumnya yang 39 persen, bahkan level optimisme ini merupakan yang terendah sejak 2016.

Ketidakpastian ekonomi masih diidentifikasi pelaku usaha sebagai kendala dari beberapa survei terakhir yang dilakukan IBR. Meningkatnya ketidakpastian menggerakkan kekhawatiran mereka terhadap kurangnya permintaan di waktu yang akan datang.

Dengan melemahnya permintaan, pelaku usaha tampak mulai fokus pada rencana investasi berkualitas dengan rencana investasi riset dan pengembangan (R&D) yang jauh lebih sehat dan rencana investasi teknologi yang kuat.

Buktinya, 45 persen pelaku usaha global bersiap menaikkan bujet/anggaran R&D mereka dalam 12 bulan ke depan. Hal tersebut juga sangat relevan dengan apa yang terjadi di pasar negara berkembang.

Ekonomi pasar negara berkembang yang tumbuh cepat ditandai dengan akumulasi modal yang cepat dan produktivitas faktor total atau total productivity factor (TFP) yang kuat, yang mana R&D dan inovasi memiliki peranan sangat penting untuk pertumbuhan TFP, pungkas Johanna.

Reporter: Syakur Usman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Periksa Bus Transjakarta Yang Mangkrak

Posted: 29 Jul 2019 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya mulai mendatangi dan memeriksa ratusan bus Transjakarta yang mangkrak di Bogor. Polisi memeriksa satu persatu bus dan membuat sejumlah catatan. Tidak ada keterangan resmi dari polisi usai pemeriksaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Jelang Pertandingan Arema FC VS Persib Bandung

Posted: 29 Jul 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 menghadirkan duel seru Arema FC vs Persib yang akan berlangsung pada Selasa (30/7/2019). Laga ini akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pukul 18.30 WIB.

Pertandingan Arema FC vs Persib ini pantas dilabeli menjadi laga big match. Pasalnya, melibatkan dua nama tim besar di dunia persepakbolaan Indonesia serta juga melibatkan dua kelompok suporter besar.

Tak hanya itu, ada beberapa fakta menarik dibalik pertandingan antara dua tim besar ini yang wajib diketahui oleh para pecinta sepak bola.

Simak 5 fakta menarik jelang pertandingan Arema FC vs Persib pada laga Shopee Liga 1, yang bisa Anda saksikan di channel Vidio Now! Berikut ini.

5 Fakta Menarik Jelang Arema FC VS Persib

Berikut 5 fakta menarik jelang pertandingan Arema FC vs Persib pada laga Shopee Liga 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Selebgram Pamer Tas Rp 20 Juta, Warganet Nyinyir Lewat Meme Lucu

Posted: 29 Jul 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini viral sebuah unggahan seorang selebgram yang "pamer" tas seharga Rp 20 Juta di akun Twitter-nya. Tak hanya itu, keterangan pada foto yang diunggahnya pun menuai kritikan warganet.

"Tas 20 juta lebih buat apaan? Ga logis blablabla.. Simple sih kak. Lo miskin dan ga mampu, kami mampu. Ya kami beli," tulis keterangan dalam foto tersebut.

Awalnya selebgram ini seolah menanggapi unggahan Saaih Halilintar yang membuat heboh warganet karena pergi ke sekolah menggunakan sling bag merk Gucci seharga hampir Rp 20 Juta.

Meski mendapat banyak komentar pedas, namun tak sedikit pula warganet yang justru menanggapi unggahan tersebut dengan nyeleneh. 

Banyak dari mereka yang justru membalas twit tersebut dengan beragam meme tas Rp 20 Juta versi mereka. Berikut deretan meme buat warganet soal tas Rp 20 Juta. 

1. Kalau tas kaya gini Rp 20 Juta, kalian mau beli enggak?

2. Enggak cuma murah, tas ini juga bisa muat barang banyak lo

3. Bisa multifungsi jadi rice cooker juga

4. Kalau tas yang ini rasa pisang cokelat

5. Louis Vuiton limited edition

6. Lumayan kalau laper tinggal ambil satu

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Pria Koleksi 1444 Surat Kabar dari 115 Negara Ini Bikin Melongo

Posted: 29 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, tepatnya pada Selasa (2/7/2019) Guinness World Records mengumumkan rekor baru dunia. Dalam laman resminya, seorang pria bernama Sergio Bodini berhasil memecahkan rekor dunia dengan mengoleksi surat kabar sebanyak 1444 judul berbeda.

Pria asal Italia itu telah bertekad mengumpulkan surat kabar sejak usianya baru 10 tahun. 1444 Surat kabar tersebut ia dapatkan dari 115 negara alias dua per tiga jumlah negara di dunia. Atas pencapaiannya, Sergio Bodini dianugerahi Guinness World Records dalam kategori koleksi surat kabar terbanyak dengan judul yang berbeda.

Awalnya, Sergio Bodini menyimpan koleksinya di dalam kamar. Namun sejak koleksinya semakin banyak, Sergio memutuskan untuk memasukkan kumpulan surat kabarnya ke dalam plastik yang disimpan di gudang bawah tanah yang dilengkapi alat pengatur suhu udara.

Seperti diketahui, surat kabar memerlukan perawatan khusus agar kertasnya tak habis dimakan oleh rayap. Alhasil, Sergio harus merogoh kocek untuk membeli alat pengatur suhu udara yang ia pasang di dalam gudangnya.

Ketika ditanya soal alasannya mengoleksi surat kabar, Sergio Bodini mengaku sempat bercita-cita menjadi jurnalis olahraga. Namun, Sergio dewasa justru berkecimpung di bidang sains sebagai seorang ahli kimia.

Masih ingin menambah koleksi

Rekor surat kabar Sergio Bodini (Sumber: Guinness World Records)

"Ketika menyusun koleksiku dan memperbarui inventaris, aku merasa sangat bahagia. Aku suka ketika ingatan diabadikan menjadi dokumentasi seperti bulan madu, urusan bisnis, liburan, dan lain-lain," Ungkap Sergio Bodini seperti dikutip Liputan6.com dari laman Guinness World Records, Selasa (30/7/2019).

Dalam usahanya mengoleksi surat kabar, Sergio sempat mengalami kisah lucu. Saat itu, Ia berniat untuk membeli sebuah surat kabar di sebuah desa kecil di India. Namun, penjualnya tak mengizinkan Sergio lantaran ia tak bisa memahami maupun berbicara bahasa daerah India.

Beruntung, sopirnya turun tangan membantu menjelaskan niat Sergio kepada penjual tentang tujuannya untuk memecahkan rekor dunia. Alhasil, sang sopir berhasil membujuk si penjual untuk menjual korannya kepada Sergio.

Meski Ia sudah mengumpulkan ribuan surat kabar, Sergio mengaku masih ingin menambah koleksinya. Salah satunya surat kabar dari negara Tonga, Vanuatu, Solomon yang belum mampu ia wujudkan.

Selengkapnya, berikut foto koleksi surat kabar yang berhasil dikumpulkan Sergio Bodini yang sukses bikin melongo.

Koleksi 1444 Surat Kabar

Rekor surat kabar Sergio Bodini (Sumber: Guinness World Records)

Surat kabarnya disimpan di gudang bawah tanah

Rekor surat kabar Sergio Bodini (Sumber: Guinness World Records)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Aksi Kocak Dodit Mulyanto, Komika Asal Jawa Timur yang Bikin Ngakak

Posted: 29 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tak kenal Dodit Mulyanto? Namanya kian dikenal setelah ia mengikuti stand up comedy Indonesia. Ciri khas yang paling mudah diingat dalam penampilan Dodit saat di panggung adalah pembawaannya yang kalem dan membawa biola, meski kadang tidak dimainkan. 

Penampilannya selalu berhasil membuat penonton tertawa. Berasal dari Jawa Timur, Dodit juga seringkali membawakan jokes dengan menyelipkan bahasa Jawa Timuran. Pembawaannya yang khas berhasil membuat orang lain terus mengenang kelucuannya. Sebelum menjadi komika terkenal, Dodit Mulyanto pernah berkarier sebagai guru geografi.

Diakuinya, sejak bergabung di dunia stand up comedy Tanah Air, penghasilan yang diraihnya melonjak fantastis. Wajah Dodit Mulyanto sudah begitu familiar di mata publik. Bagaimana tidak, lelaki asal Blitar ini nggak cuma wara-wiri di TV, ia juga langganan nongol di sejumlah film, terutama perankan sosok yang humoris.

Selain itu, Dodit Mulyanto juga kerap kali mengunggah aksi kocak yang absurd dan nyeleneh di akun Instagramnya yang kerap mengundang senyum dan gelak tawa. Berikut Liputan6.com rangkum 7 aksi kocak Dodit Mulyanto yang absurd dan nyeleneh abis, Selasa (30/7/2019).

1. Review harga outfit tukang kebun.

View this post on Instagram

Berapa outfit loe?

A post shared by Dodit Mulyanto (@dodit_mul) on

2. Menikmati senja dengan cara bermain layangan.

View this post on Instagram

Netizent julid jangan tersindir ya plis 🙏

A post shared by Dodit Mulyanto (@dodit_mul) on

3. Aksi Dodit bersama Raisa nih.

View this post on Instagram

Ketemu @raisa6690 deg-degan bingit 😭😭😭

A post shared by Dodit Mulyanto (@dodit_mul) on

4. Semoga Dodit cepat berkeluarga.

View this post on Instagram

No Caption

A post shared by Dodit Mulyanto (@dodit_mul) on

5. Mudik ala Dodit nih.

View this post on Instagram

Tapi kok rung teko?

A post shared by Dodit Mulyanto (@dodit_mul) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidayat Nur Wahid: Hubungan PKS-Gerindra Baik-Baik Saja

Posted: 29 Jul 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid memastikan hubungan partainya dengan Gerindra baik-baik saja.

"Hubungan PKS dan Gerindra nggak ada yang merengang," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (30/7/2019).

Hidayat mengatakan, Prabowo masih berkomunikasi dengan PKS. Namun, PKS masih harus kegiatan kepartaian sendiri.

"Kadang juga sendiri kadang kita bersama-sama sesuai agendanya. Tapi yang jelas kami tidak merasa ada keretakan dengan PKS dan Gerindra kami tetap bersama-sama," ungkapnya.

Dia meminta semua pihak untuk tidak mengadu domba PKS dan Gerindra. Apalagi jika isu keretakan tersebut dikaitkan dengan pertemuan Prabowo dan Megawati.

"Jangan kemudian kalau di sana hanya niatnya untuk menghadirkan kerukunan, rekonsiliasi jangan lah yang sudah rekonsiliatif Gerindra dan PKS kemudian dipecah belah. Jangan begitu," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyoroti pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan para tokoh pasca Pilpres 2019. Menurut dia, seharusnya dalam berbagai pertemuan itu ada pernyataan sikap Gerindra tetap berada di barisan oposisi.

"Di demokrasi biasa kok yang seperti ini. Monggo jalan. Kita kembali lagi kenapa pertemuan itu menjadi kurang penting, pertemuan tanpa ada kejelasan sikap buat saya itu pembodohan buat publik yang penting jelas-jelasnya kami oposisi," kata Mardani di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 27 Juli 2019.

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Darius Sinathrya Rela Tinggalkan Tiga Anaknya Demi Misi Mulia di Himalaya

Posted: 29 Jul 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktor sekaligus presenter Darius Sinathrya akan melalui perjalanan ekstrem di Himalaya, Nepal. Rencananya, pria kelahiran Swiss ini akan menyusuri jalur berbahaya dengan motor di Negeri Atap Dunia.

Darius tidak sendiri, ia mengajak sang istri Donna Agnesia untuk menemaninya berpetualang dengan motor gede keluaran Royal Enfield. Rencananya, perjalanan ini akan menghabiskan waktu selama sembilan hari, mulai 29 Juli sampai 8 Agustus 2019.

Sebenarnya, Darius ingin mengajak ketiga buah hatinya untuk touring bersama. Namun karena berbagai faktor dan pertimbangan, akhirnya Darius memutuskan hanya mengajak istrinya untuk trip kali ini.

"Kalau bisa milih pengennya kiddos @liodiegosabrina di ajak juga dalam trip kali ini, tapi mereka ada jadwal sekolah dan papanya cuma bisa boncengin satu orang di motor." tulis Darius Sinathrya di akun Instagram pribadinya, Senin, 29 Juli 2019.

Pada unggahan tersebut, pria berusia 34 tahun itu merasa perjalanannya kali ini akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan dengan keluarga. Mengingat perjalanan ini melalui jalur ekstrem yang belum sesuai dengan usia anak-anaknya.

Perjalanan Darius pun mencuri perhatian warganet yang menuliskan deretan komentar di unggahan ayah tiga anak itu. "Jaga kesehatan kalian, and enjoy your riding kak. Semoga semuanya lancar sampai balik kesini lagi," tulis seorang warganet.

"Keren om @dairus_sinathrya, sukses trip Hard Adventure Himalayanya ya," tulis warganet lainnya.

Perjalanannya riding menantangnya kali ini akan dilakukan bersama tim yang terdiri dari enam orang. Terlihat dari unggahan Instagram Story Donna Agnesia, perjalanan diikuti oleh Wisnu Guntoro, Riko Louis, Gugum Gumilar, dan Nicko Silfido yang akan mengabadikan momen menakjubkan di puncak tertinggi dunia.

Membawa Misi Sosial dengan Taklukan Himalaya

Darius Sinathrya dan Donna Agnesia saat di Bandara menuju Delhi (dok.Instagram@darius_sinathrya/https://www.instagram.com/p/B0fhxJRnfHY//Devita Nur Azizah)

Tak hanya ingin taklukan perjalanan di jalur menantang, Darius dan tim membawa misi sosial pada perjalanan riding di Himalaya. Mereka akan melakukan misi sosial terkait dengan pendidikan anak-anak sebagai generasi masa depan bangsa.

Misi tersebut akan menghitung jarak tempuh dari kota Chandigarh hingga Khardung La yang akan dikonversi berupa uang dan nantinya didonasikan untuk pembangunan Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Membawa misi mulia, perjalanan kali ini terbilang menantang bahaya. Darius dan tim akan mengendarai motor hingga ke Kardhung La Pass yang berada di ketinggian 5.350 mdpl. Sementara pada ketinggian itu, tingkat oksigen sangat rendah dan tidak ada pom bensin untuk mengisi bahan bakar bila mendadak habis.

Belum lagi kondisi jalan yang cukup ekstrem dan tersusun dari batu koral sehingga jalur tersebut sangat licin untuk dilintasi. Maka dari itu, trip ini sangat dipersiapkan oleh tim.

Darius dan tim terlihat membawa banyak barang. Seperti tampak dari Instagram Story Donna, ada tas-tas berukuran besar yang terisi penuh dengan barang saat proses check-in di bandara. Tak hanya itu, Donna juga mengatakan bahwa banyak helm di dalam tas besar tersebut.  (Devita Nur Azizah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Licin, Begini Cara Pemotor Ini Meloloskan Diri dari Kejaran Polisi

Posted: 29 Jul 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggaran lalu lintas sering kali dilakukan pengendara dengan beragam alasan. Mengaku tengah terburu-buru menjadi senjata yang sering dilontarkan pelanggar saat harus ditilang polisi.

Tak hanya alasan, kadang pengendara juga nekat melakukan beragam aksi agar bisa lolos dari sanksi yang harus didapatkan, seperti berbalik arah dan merusak kendaraannya.

Sebuah video memperlihatkan seorang pengendara sepeda motor sedang dikejar pihak kepolisian karena disinyalir melakukan pelanggaran. Bukannya menyerah, pemotor tersebut terlihat memacu kendaraannya untuk menghidari polisi yang mengejar.

Polisi yang menggunakan mobil berusaha menangkap pengendara meski mencoba melarikan diri. Namun, sayang polisi akhirnya kehilangan pelanggar tersebut karena berhasil kabur setelah mengecoh kendaraan roda empat yang digunakan.

Terlihat dari rekaman, pengendara sepeda motor berhasil kabur setelah berbelok ke sebuah persimpangan. Saat itu terdapat sebuah mobil putih yang tengah berhenti karena lampu merah.

Hal tersebut ternyata dimanfaatkan pemotor untuk memutar arah di belakang mobil. Polisi yang menggunakan mobil tak bisa langsung berputar arah karena bodinya yang lebih besar.

 

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini

 
 
 
View this post on Instagram

Kena gocek. . Cc: @newdramaojol.id

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertarungan Bripka Desri Sahroni Melawan Racun Ular Death Adder di Hutan Timika

Posted: 29 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Maut tak dapat dihindari bagi Bripka Desri Sahroni (40), anggota satuan Brimob Polda Sumatera Barat yang tergabung dalam Satgas Amole pengamanan areal PT Freeport Indonesia, Senin siang, 29 Juli 2019, sekitar pukul 09.55 WIT.

Bripka Desri harus mengembuskan napas terakhirnya, akibat gigitan ular yang terjadi pada Sabtu, 27 Juli 2019, sekitar pukul 11.30 WIT. Bripka Desri melawan racun akibat gigitan ular yang menjalar pada tubuhnya selama dua hari. 

Ular menggigit tangannya yang siang itu mencoba beristirahat di bawah pohon, sambil menunggu temannya mandi di sungai sekitar daerah Kuala Kencana, Timika, Provinsi Papua. Korban bersama rekannya, setiap harinya melaksanakan pengamanan area di Pos Polisi Iwaka, Kuala Kencana.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menuturkan saat kejadian, korban duduk di atas batang kayu yang sudah ditebang dan tangan kanannya menyandar pada sebuah pohon. Tiba-tiba seekor ular jenis Death Adder muncul dari balik batang kayu langsung menggigit tangan kanan korban.

"Korban langsung refleks memegang ular, meski sempat digigit beberapa kali. Korban juga sempat memasukkan ular ke dalam botol air mineral yang dipegangnya," ujar Kamal.

Kata Kamal, korban juga sempat memijit tangan kanannya bekas gigitan ular dengan maksud untuk mengeluarkan racun. Tapi korban langsung tak sadarkan diri dan dibawa ke Klinik Kuala Kencana. "Korban sempat kehilangan napas, namun berhasil dilakukan resusitasi sehingga dapat bernapas kembali.

Hingga akhirnya, korban dibawa ke RS Mitra Masyarakat Mimika untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," jelas Kamal. Keesokan harinya, pada Senin (29/7/2019), sekitar pukul 09.30 WIT, korban mengalami penurunan kondisi dan sempat jantungnya terhenti.

"Nyawa korban tak tertolong dan dinyatakan meninggal pada pukul 09.55 WIT. Senin siang kemarin, korban langsung dibawa ke kampung halamannya di Sumatra Barat," kata Kamal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF 2019

Posted: 29 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-18 akan berlaga di Piala AFF U-18 yang akan berlangsung di Vietnam pada 6-19 Agustus mendatang. Skuat berjuluk Garuda Nusantara ini akan dipimpin pelatih Fakhir Husaini.

Timnas Indonesia U-18 tergabung di Grup A pada gelaran kali ini. Melihat para pesaing, Timnas Indonesia U-18 diyakini bakal melenggang ke babak selanjutnya.

Pasalnya, mereka hanya akan meladeni FIlipina, Timor Leste, Myanmar, Laos, dan Brunei Darussalam. Di atas kertas, kelima pesaing itu kualitasnya ada di bawah timnas Indonesia U-18.

Timnas Indonesia U-18 akan memulai laga perdana melawan Filipina pada 6 Agustus 2019 di Ho Chi Minh City. Di babak penyisihan, setiap negara bakal bertanding dalam dua hari sekali.

Adapun, seluruh partai Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019 akan disiarkan langsung secara eksklusif oleh SCTV. Berikut jadwal Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18.

 

 

Jadwal

6 Agustus 2019

Timnas Indonesia U-18 Vs Filipina

Live SCTV Pukul 15.30 WIB

8 Agustus 2019

Timnas Indonesia U-18 Vs Timor Leste

Live SCTV Pukul 18.30 WIB

10 Agustus 2019

Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia U-18

Live SCTV Pukul 18.30 WIB

Jadwal Selanjutnya

12 Agustus 2019

Timnas Indonesia U-18 Vs Laos

Live SCTV Pukul 15.30 WIB

14 Agustus 2019

Myanmar Vs Timnas Indonesia U-18

Live SCTV Pukul 15.30 WIB

Saksikan video menarik berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jika Gibran Calonkan Diri Sebagai Wali Kota Solo, PDIP Ajukan Syarat Ini

Posted: 29 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPC PDI Perjuangan Solo FX. Hadirudyatmo menanggapi soal mencuatnya nama Gibran dalam bursa calon Wali Kota Solo, Ia pun sampaikan syarat kandidat yang bisa diusung PDIP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Penampakan Galaxy A80 Edisi BlackPink yang Hanya 500 Unit

Posted: 29 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung secara resmi mengumumkan kehadiran Galaxy A80 edisi khusus BlackPink. Smartphone ini dibundel bersama dengan Galaxy Watch dan Galaxy Buds yang juga tampil dengan desain khusus BlackPink.

Menurut Senior Product Marketing Manager at PT. Samsung, Selvia Gofar, paket khusus ini akan dibanderol dengan harga Rp 14.999.000. Jadi, konsumen tidak dapat membeli produk tersebut secara terpisah.

"Seluruhnya itu akan dijual dalam satu paket yang dikemas dalam boks khusus. Kami sertakan pula collectible items, berupa foto BlackPink," tuturnya saat bertemu dengan awak media di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk melihat tampilan Galaxy A80 edisi Blackpink tersebut. Secara garis besar, tampilan Galaxy A80 ini tidak berbeda dari versi reguler.

Namun, varian khusus ini hadir warna hitam dan pink sesuai dengan nama BlackPink itu sendiri. Warna senada juga digunakan di Galaxy Watch dan Galaxy Buds yang hadir dalam paket khusus ini.

Untuk mengetahui apa seperti penampilan dari Galaxy A80 edisi khusus BlackPink ini, berikut ada beberapa foto smartphone beserta aksesoris yang dapat dipesan pada 1 Agustus 2019 itu.

 

Bodi Depan Galaxy A80 BlackPink

Tampak depan Galaxy A80 BlackPink. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Begini penampakan layar smartphone Galaxy A80 BlackPink. Jika diperhatikan, tampak ikon aplikasi di smartphone terlihat berbeda dari seri Galaxy A80 dengan nama OneUI.

Penampakan kamera putar (rotate camera) di Galaxy A80 BlackPink. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Karena tidak menampilkan kamera selfie di layar, pengguna bakal mengandalkan kamera putar yang bertindak sebagai lensa utama untuk mengambil foto.

Adapun trio lensa kamera di seri ini berkemampuan 48 MP, 8 MP,  dan ToF (time of flight) 3D camera yang pastinya bakal mengambil foto objek dengan lebih detail. 

Kamera di Galaxy A80 BlackPink. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Bodi Galaxy A80 BlackPink

Sisi bawah Galaxy A80 BlackPink. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Di bagian bawah bodi, kamu bakal menemukan port USB type C untuk pengisian daya, slot microSD, dan gril speaker.

Tombol volume di bodi samping kiri Galaxy A80 BlackPink. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Pada sisi kiri bodi ponsel, tampil dua tombol pengaturan suara. Uniknya, Samsung tidak menyertakan tombol khusus asisten digitalnya, Bixby, seperti di seri-seri Galaxy lainnya.

Tombol Power di sisi kanan bodi Galaxy A80 BlackPink. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Di bagian kiri, tampak sebuah tombol power sekaligus lock.

(Dam/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebentar Lagi Mengurus Paspor Bisa di Probolinggo

Posted: 29 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur memperluas layanan unit kerja kantor (HKK) keimigrasian di wilayah Kabupaten Probolinggo, yang akan ditempatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) kabupaten setempat.

Kepala Kantor Kanwilkumham Jatim, Susy Susilawati mengatakan, masyarakat Jatim khususnya Probolinggo dan sekitarnya dipastikan akan semakin mudah memanfaatkan layanan keimigrasian.

"Pihak Kemenkumham baik Dirjen Imigrasi maupun Kanwil Jatim telah memutuskan pembangunan UKK akan berkolaborasi dengan Pemkab Probolinggo," katanya di Surabaya, Senin 29 Juli 2019, dilansir Antara.

Ia mengatakan, karena statusnya sebagai UKK, layanan tidak hanya sebatas penerbitan paspor namun juga ada fungsi pengawasan dan penindakan keimigrasian serta layanan keimigrasian bagi orang asing.

"Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Kantor Imigrasi Malang sebagai pelaksana bisa belajar ke UKK Bojonegoro yang terlebih dahulu terbentuk dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia," kata dia.

Ia menjelaskan, pertemuannya dengan Bupati Probolinggo akan segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama.

"Paling lambat Agustus ini bisa ditandangani dan berharap UKK akan diresmikan sebelum 30 Oktober 2019. Jika diluncurkan pada Oktober nanti, tentunya akan menjadi kado manis bagi Hari Bhakti Karyadhika atau ulang tahun Kemenkumham," katanya.

Sementara itu, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari mengatakan, Kemenkumham maupun Pemkab Probolinggo sebelumnya telah melakukan persiapan seperti survei lokasi dan kelayakan.

"Latar belakang masyarakat Probolinggo yang mayoritas islam dan sangat religius membuat jamaah umroh dan haji sangat banyak," katanya.

 

Banyak Masyarakat Butuh Layanan Paspor

Ilustrasi Foto Paspor  (iStockphoto)

Sehingga, kata dia, banyak masyarakat yang membutuhkan layanan pembuatan paspor. Belum lagi, ada beberapa perusahaan nasional yang memiliki tenaga kerja asing.

"Masyarakat dan para tenaga kerja asing ini juga memerlukan layanan keimigrasian," ucapnya.

Ia menjelaskan, selama ini jika masyarakat mengajukan permohonan paspor harus ke Surabaya, Malang atau Jember dan dia berharap UKK ini nantinya bisa jadi cikal bakal pembangunan kantor imigrasi.

"Hal ini, pasti akan membuat masyarakat Probolinggo, Lumajang, Situbondo dan Pasuruan sangat senang. Kami sangat berterima kasih atas kedatangan Kakanwil dan rombongan. Kami siap memfasilitasi dan kami memiliki target maksimal akhir 2019, UKK telah dibuka," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kantor Imigrasi Malang, Novianto Sulastono mengungkapkan bahwa saat ini layanan publik di Kantor Imigrasi Malang memang sudah sangat tinggi.

"Jika di Probolinggo ada UKK, maka bisa membagi layanan dan sangat ideal," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Zaskia Gotik, Ini 5 Artis Cantik yang Gagal Menikah meski Sudah Bertunangan

Posted: 29 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kisah asmara para artis Tanah Air selalu menyedot perhatian publik. Terlebih bila hubungan mereka sampai ke jenjang yang lebih serius lagi yaitu pernikahan. Sebut saja Zaskia Gotik, yang sempat membina asmara dengan Vicky Prasetyo. 

Namun, tak sedikit hubungan asmara artis yang kandas di tengah jalan meskipun sudah lama berpacaran. Bahkan ada pula yang sudah bertunangan namun akhirnya sang artis yang gagal menikah. Itu juga yang terjadi pada Zaskia Gotik meski telah dilamar Vicky. 

Ternyata bukan hanya Zaskia Gotik yang mengalami perasaan nelangsa gagal naik pelamina. Tim redaksi mencatat setidaknya ada 5 artis cantik lainnya yang gagal meski sudah bertunangan ? Siapa saja mereka? 

1. Zaskia Gotik

Zaskia Gotik tengah menjadi bulan-bulanan di media sosial, Vicky Prastyo anggap hal yang wajar. Duh, kenapa ya?

Pedangdut Zaskia Gotik sempat jatuh kepelukan Vicky Prasetyo. Keduanya juga sempat bertunangan pada tahun 2013 dan sempat menggelar acara mewah di bilangan Jakarta. 

Namun tak lama usai lamaran, hubungan keduanya diterpa masalah. Sebab Vicky Prasetyo tersandung kasus hukum karena masalah penipuan.

Karena masalah tersebut, Zaskia Gotik akhirnya memutuskan untuk membatalkan pernikahannya dengan Vicky Prasetyo.

 

2. Shandy Aulia

Ternyata artis cantik pemeran Tita di film Eiffel I'm In Love ini juga pernah menerbitkan buku karyanya sendiri yang berjudul Incomplate. (Liputan6.com/IG/shandyaulia)

Sebelum menikah dengan David Herbowo, Shandy Aulia sempat menjalin asmara dengan Dave Laksono, yang merupakan anak politisi senior Agung Laksono.

Keduanya sangat serius menjalin hubungan dan sempat melangsungkan lamaran, bahkan telah menetapkan tanggal pernikahan pada 18 Desember 2010.

Namun satu bulan sebelum hari H, keduanya memutuskan untuk membatalkan pernikahan. Padahal persiapan nikah sudah disiapkan Shandy Aulia. 

3. Ayu Dewi

Ayu Dewi (Nurwhayunan/bintang.com)

Ayu Dewi pernah menjalin asmara dengan aktor Zumi Zola pada tahun 2011.  Keduanya pun telah merencanakan untuk naik pelaminan pada Mei 2011 untuk menunjukan keseriusan cinta mereka.

Namun sayangnya Zumi Zola  tiba-tiba saja membatalkan  pernikahannya dengan Ayu Dewi sebulan sebelum mereka melangsungkan ijab kabul.

Kabarnya penbatalan pernikahan dilakukan oleh Zumi Zola melalui pesan singkat SMS

4. Laudya Cynthia Bella

Laudya Cynthia Bella dan Afie Kalla. (via Instagram/dndweddingorganizer)

Gagal menikkah meski sudah bertunangan juga pernah dialami oleh Laudya Cynthia Bella. Sebelum menikah dengan pria Malaysia Engku Emran, Laudya Cynthia Bella sempat menjalin asmara dengan keponakan Jusuf Kalla, Afie Kalla. 

Bahkan keduanya sempat melangsungkan pertunangan pada tahun 2017. Namun harapan Laudya Cynthia Bella untuk naik pelaminan dengan pengusaha itu kandas.

 

5. Donna Agnesia

(Instagram/dagnesia)

Sebelum menikah dengan Darius Sinathrya, Donna Agnesia sempat menjalin asmara dengan Okan Cornelius. Keduanya sempat merencanakan pernikahan dan sempat melangsungkan pertunangan. 

Namun pada Juli 2007 keduanya mengumumkan batal menikah.

6. Nuri Maulida

Nuri Maulida (Sumber: Instagram/nurimaulida)

Nuri Maulida tercatat dua kali bertunangan dan gagal menikah. Pada tahun 2009 Nuri Maulida sempat menjalin asmara dengan seorang pria bernama  Ferry Ludwankara pada tahun 2009. Keduanya sempat bertunangan dan bahkan siap untuk membina rumah tangga. Namun rencana mereka batal.

Nuri Maulida kembali menelan pil pahit batal menikah pada 2013. Ia pernah merajut asmara dengan pria asal Malaysia bernama Muhammad Adam Yahya. Bahkan keduanya sempat melangsungkan lamaran dan siap menikah pada 22 November 2013, namun rencananya tersebut batal. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersengat Listrik Saat Isi Daya Ponsel, Remaja Derita Luka Bakar di Leher

Posted: 29 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Michigan Seorang wanita menderita luka bakar tingkat dua saat dirinya sedang asyik mengisi daya ponsel miliknya. Hal ini memicu percikan listrik yang mengenai kalung yang dikenakannya. Remaja berusia 19 tahun--yang tidak disebutkan namanya--sedang berbaring di tempat tidur dengan ujung pengisi daya terletak di bawah bantalnya.

Meskipun pengisi daya dicolokkan ke stop kontak listrik (soket), tidak terpasang ke ponselnya, ia merasakan sensasi terbakar dan rasa sakit yang hebat di lehernya. Remaja itu pun lantas dilarikan ke University of Michigan's C.S. Mott Children's Hospital.

Ia didiagnosis dengan luka bakar ketebalan parsial melingkar, yang juga dikenal sebagai cedera luka bakar tingkat dua. Kasus ini dipublikasikan di jurnal Annals of Emergency Medicine berjudul Circumferential Partial-Thickness Burn Caused by Mobile Telephone Charger: A Case Report.

"Dia menjalani angiogram tomografi komputer (sejenis X-Ray). Lukanya dibersihkan dan ditangani. Kalungnya dilepas. Kemudian dia dipulangkan ke rumah. Dia kemungkinan mengalami luka bakar cedera listrik dari pengisi daya karena kontak dengan kalungnya, yang menyebabkan luka bakar," tulis ahli pediatrik Carissa Bunke dalam laman jurnal Annals of Emergency Medicine, Minggu (28/7/2019).

 

Risiko Sengatan Listrik

Ada risiko sengatan listrik dari pengisi daya ponsel.

Carissa menyampaikan, arus listrik dari pengisi daya ponsel menyentuh kalungnya lalu mentransmisikan arus ke dalamnya. Para peneliti juga mencatat cedera arus listrik dapat meningkat, terutama dengan peralatan yang lebih murah dari produsen pengisi daya.

"Pengisi daya ponsel dapat menyebabkan luka bakar atau sengatan listrik. Bahkan dengan perangkat bertegangan rendah, jika arusnya tinggi, maka sengatan listrik bisa parah. Remaja khususnya berisiko mengalami cedera karena sering menggunakan perangkat seluler mereka," ujar Carissa, dikutip dari The Sun.

Mereka harus dinasihati untuk tidak tidur dengan ponsel atau perangkat seluler yang terisi daya di tempat tidur. Jangan biarkan pengisi daya terpasang ketika tidak terhubung ke ponsel, saran Carissadari Pediatric Emergency Medicine, University of Michigan C.S. Mott Children's Hospital.

Dalam kebanyakan kasus, luka bakar menyebabkan rasa sakit yang cukup parah sehingga memerlukan pengobatan serta tindak lanjut akan diperlukan yakni mengobati pusat luka bakar. Pada sebagian besar kasus, pasien yang mengalami cedera sengatan listrik harus dites untuk mengetahui kelainan detak jantung (aritmia). Ini terjadi karena gangguan konduksi listrik.

Perlu Cangkok Kulit

Luka bakar bisa ditindak dengan cangkok kulit. (sumber: iStockphoto)

Dilansir dari News Medical Life Science, dalam kasus terburuk, luka bakar yang dalam dapat terjadi sehingga memerlukan cangkok kulit untuk menutupi luka. Bahkan pasien datang dengan kerusakan serius pada area yang luas.

Jika terjadi pada kasus seperti itu, maka komplikasinya banyak, termasuk rhabdomyolysis, pemecahan protein otot akibat cedera parah; kesulitan bernapas karena kerusakan saluran napas maupun cedera pada jantung dan organ tubuh lain.

Sebuah studi dilakukan di bawah Electrical Safety First yang berbasis di Inggris menguji 64 perangkat pengisi daya generik. Tes kekuatan listrik adalah tes dasar untuk perangkat listrik, yang dimaksudkan menentukan apakah isolasi mencegah aliran arus di luar kawat internal. Hasil mengejutkan, 58 persen pengisi daya yang diuji gagal, bahwa penghalang isolasi yang disediakan dalam pengisi daya ini tidak memadai untuk menahan arus listrik.

Cara terbaik untuk tetap aman adalah mendidik remaja dan keluarga tentang cara menggunakan pengisi daya dengan aman. Salah satu tips yang sangat baik adalah memutuskan pengisi daya saat tidak digunakan. Selain itu, perangkat seluler tidak digunakan saat mengisi daya. Trik ini dapat mencegah cedera jika terjadi kebocoran sengatan listrik dari pengisi daya ponsel.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menunggu Kepastian The Fed, Rupiah Melemah Tipis

Posted: 29 Jul 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa ini.  Hari ini rupiah akan bergerak melemah di kisaran 14.030 per dolar AS sampai 14.050 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (30/7/2019), rupiah dibuka di angka 14.022 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.020 per dolar AS. Pada siang ini, rupiah terus tertekan ke level 14.029 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.021 per dolar AS hingga 14.036 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 2,51 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.034 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.010 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajamen Lana Soelistianingsih mengatakan, investor tengah menunggu kepastian turunnya suku bunga oleh The Fed kendati penurunannya diperkirakan tidak sebesar ekspektasi sebelumnya yaitu 50 basis poin (bps).

"Investor global menunggu kepastian kebijakan suku bunga The Fed pada pertemuan FOMC tanggal 30-31 Juli ini. Walaupun kemungkinan penurunannya sudah hampir dapat dipastikan. Kemungkinan The Fed akan turunkan suku bunganya sebesar 25 bps sehingga menjadi 2-2,25 persen," ujar Lana.

Harga minyak mentah merespons naik kemungkinan tersebut. Turunnya suku bunga The Fed dianggap bisa mengurangi potensi perlambatan ekonomi terutama di AS yang berarti mengurangi potensi penurunan permintaan untuk energi.

Lana memperkirakan hari ini rupiah akan bergerak melemah di kisaran 14.030 per dolar AS sampai 14.050 per dolar AS.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Teller menunjukkan mata uang dolar AS di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Tak Terdengar Kabarnya, Ini 6 Potret Terbaru Tia AFI yang Makin Cetar

Posted: 29 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Era tahun 2000-an, ajang menyanyi Akademi Fantasi Indosiar atau AFI menjadi salah satu ajang yang digemari oleh masyarakat. AFI menjadi tontonan favorit keluarga dengan suguhan penampilan yang apik sekaligus pesona tiap peserta yang tak kalah memukau. Terlebih, AFI dibekali dengan sesi eliminasi yang tak ayal membuat penontonnya sesenggukan melihat idolanya tersingkir.

AFI sendiri telah berhasil menelurkan banyak penyanyi berbakat dari 6 musimnya. Tak terkecuali, AFI 2 pada tahun 2004. Dari AFI 2 tersebut menelurkan juara 1 yakni Tia AFI, dan Haikal AFI di posisi runner up. Tentunya kamu masih ingat dengan Tia AFI dong? 

Nyatanya setelah usai dari AFI 2, pemilik suara emas ini sempat menjadi teman duet Maia Estianty di duo Ratu setelah ditinggal Pinkan Mambo. Pada tahun 2014, dirinya juga sempat terjun di dunia politik dengan masuk dalam daftar caleg DPR RI di dapil Jawa Tengah V. Meski tak sering tampil di layar kaca televisi, Tia  masih mendalami bidang dunia tarik suara.  Dalam beberapa kesempatan ia menyanyi di acara off air.

Penampilan Tia yang dulu dan yang sekarang pun terlihat berbeda, di usianya yang ke-37 tahun, penampilan wanita kelahiran Surakarta ini semakin cetar. Penasaran kan seperti apa potret Tia AFI sekarang? Intip langsung yuk foto-fotonya berikut Liputan6.com rangkum dari akun Instagramnya, Selasa (30/7/2019).

 

1. Potret Tia saat masih mengikuti AFI 2. Dalam ajang kompetensi menyanyi tersebut, namanya melejit ketika membawakan lagu.

Tia AFI  (Sumber: Instagram/Brilio)

2. Di usianya yang ke-37 tahun, pemilik nama lengkap Theodora Meilani Setyawati ini penampilannya semakin cetar.

Tia AFI  (Sumber: Instagram/tia_afi2)

3. Tak hanya lagu pop saja, wanita 37 tahun ini juga piawai menyanyi lagu dangdut. Ia bahkan pernah menjadi pemenang dalam D'Academy Celebrity 2 tahun 2017.

Tia AFI  (Sumber: Instagram/tia_afi2)

4. Meski jarang terlihat di layar kaca televisi, Tia masih aktif di dunia musik. Beberapa kali wanita manis ini tampil dalam acara off air.

Tia AFI  (Sumber: Instagram/tia_afi2)

5. Hampir 8 tahun menikah dengan Adi Nugroho, kini Tia sudah dikaruniai 2 buah hati yang cantik loh!

Tia AFI  (Sumber: Instagram/tia_afi2)

6. Beberapa waktu lalu Tia dan teman-teman jebolan AFI berkumpul, kamu masih ingat enggak siapa saja mereka?

Tia AFI  (Sumber: Instagram/tia_afi2)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam Upacara Adat, Sultan Pahang Sah Dinobatkan Jadi Raja Baru Malaysia

Posted: 29 Jul 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sultan Pahang, Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, sah dinobatkan menjadi raja ke-16 Malaysia pada Selasa 30 Juli 2019, dalam sebuah upacara yang dipenuhi dengan adat dan tradisi kerajaan Melayu. Momen ini secara resmi menandai masa lima tahun pemerintahannya sebagai kepala negara.

Sultan Abdullah, yang genap berusia 60 tahun pada hari ini, mengenakan pakaian upacara resmi bernama Muskat - jubah hitam panjang yang dihiasi dengan sulaman emas.

Sementara sang istri, Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah mengenakan pakaian putih gading dan hijab berwarna serasi.

Sekitar 700 tamu, yang terdiri dari penguasa Melayu, menteri kabinet dan pejabat asing menghadiri upacara yang disiarkan langsung di televisi pemerintah.

Di antara tamu-tamu asing terkemuka termasuk Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Zayed Al-Nahyan dan Sultan Hassanal Bolkiah Brunei.

Sultan Abdullah diproklamasikan sebagai Sultan Pahang keenam pada 15 Januari, menggantikan ayahnya. Dia kemudian terpilih sebagai raja ke-16 pada pertemuan khusus Konferensi Penguasa pada 24 Januari dan dilantik pada 31 Januari.

Penguasa wilayah Pahang itu naik takhta setelah pengunduran diri Raja Malaysia Sultan Muhammad V dari Kelantan pada bulan Januari.

Disumpah

Pemimpin negara bagian Pahang, Sultan Abdullah Ri'ayatuddin, dilantuk menjadi Raja Malaysi yang baru pada Kamis 24 Januari 2019 (Bernama)

Raja baru Malaysia, Sultan Pahang, secara resmi naik takhta pada Kamis 31 Januari 2019. Raja Pahang, Sultan Abdullah Ri'ayatuddin, terpilih sebagai raja pasca perundingan Dewan Penguasa.

Prosesi ini sekaligus menandakan masa jabatannya selama lima tahun mendatang.

Dalam upacara tersebut, band Resimen Kerajaan Melayu memainkan lagu nasional. Selanjutnya simbol raja diberikan, bersamaan dengan dilepaskannya 21 tembakan kehormatan. Demikian sebagaimana dikutip dari Channel News Asia pada Kamis 31 Januari 2019.

Sultan Abdullah kemudian memberikan inspeksi kepada pasukan khusus dari Kesatuan Militer Kesultanan Diraja Malaysia.

Selanjutnya, Sultan menuju Istana Negara untuk mengucapkan sumpah jabatan. Dalam upacara yang sama, Sultan Perak, Sultan Nazrin Shah, juga mengucap sumpah sebagai wakil raja.

Sebelumnya, bendera raja telah dikibarkan di Istana Kuala Lumpur, Malaysia, sejak tengah malam.

Sosok Cerdas dan Penyuka Olahraga

Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dari Negara Bagian Pahang (file photo / Bernama)

Sultan Abdullah naik takhta pada usia 59 tahun. Ia meneruskan Sultan Kelantan, Muhammad V yang menjadi raja dengan masa jabatan tersingkat dalam sejarah Malaysia.

Sultan Abdullah dikenal sebagai atlet yang memegang sejumlah jabatan di badan olahraga, termasuk FIFA. Ia juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Hoki Asia.

Raja baru Malaysia ini juga seorang yang cerdas, terbukti pernah menjalankan studi di Queen Elizabeth College, Oxford University, Inggris. Di sana, Sultan Abdullah mempelajari ilmu kebijakan luar negeri dan diplomasi.

Malaysia memang negara yang unik. Negeri jiran itu menerapkan sistem pemerintahan monarki konstitusional, dengan jabatan raja berganti setiap lima tahun berdasarkan rotasi.

Rotasi yang dimaksud harus melalui mekanisme pemilihan oleh Dewan Penguasa yang terdiri atas pucuk pimpinan sembilan negara bagian. Seluruh kesultanan itu bernafaskan Islam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag : Katering Jemaah Haji Memiliki Nilai Grade A

Posted: 29 Jul 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan merupakan kunci utama berjalan lancarnya ibadah haji. Oleh karena itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sangat mengedepankan kesehatan jemaah, dimulai dari makanan dari penyedia katering jemaah haji yang dimakannya.

Dilansir dari Antara, Selasa (30/7/2019), Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan, 30 dari 36 perusahaan penyedia katering jemaah haji Indonesia di Makkah masuk dalam Grade A atau dengan standar penilaian berkisar 90-100.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Sri Ilham Lubis. Dia mengatakan, pihaknya dalam dua hari terakhir melakukan evaluasi terhadap 36 perusahaan penyedia katering untuk jemaah haji Indonesia selama di Makkah.

"Alhamdulillah secara umum dari 36 perusahaan itu yang mendapatkan nilai dari 90-100 ada 30 perusahaan, artinya sangat baik dari yang mereka lakukan selama ini," ujar Sri Ilham.

Ia menjelaskan, pada enam perusahaan lainnya masih mempunyai beberapa catatan dari Kemenag, sehingga masih belum dapat dikatakan Grade A seperti yang lainnya.

Umumnya, kata Sri Ilham, perusahaan yang mendapatkan catatan tersebut kurang dari sisi akurasi gramasi jenis makanan dalam setiap porsinya.

"Ada catatannya ini seperti kita sudah menetapkan gramasi untuk makanan itu nasi tidak boleh kurang dari 200 gram, lauk tidak boleh kurang dari 100 gram, sayuran tidak boleh kurang dari 80 gram. Nah ini dari pengawas melihat terkadang ditemukan makanan kurang gramasinya, tapi tidak banyak. Satu dua kali bahkan ada yang lebih," papar dia.

Sri Ilham menegaskan, hal tersebut membuat pihaknya semakin memperketat fungsi kontrol dan pengawasan agar perusahaan katering kembali pada standar yang telah disepakati bersama.

Oleh karena itu, kata dia, dalam dua hari terakhir pihaknya melakukan evaluasi layanan perusahaan katering jemaah haji dalam dua tahap. Tahap pertama, evaluasi terhadap 18 perusahaan dan tahap kedua pada 18 perusahaan tersisa.

"Tujuan kami evaluasi untuk menyampaikan bagaimana pelaksanaan layanan katering selama dua minggu di Makkah, bagaimana masing-masing perusahaan itu sudah mendapatkan penilaian," terang Sri Ilham. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kedekatan Abidzar, Putra Mendiang Ustaz Jefri dengan Anya Geraldine

Posted: 29 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Abidzar Al Ghifari kini mulai menjadi seleb di Indonesia. Putra mendiang ustaz Jefri Al Buchori ini tumbuh jadi sosok ganteng berkumis dan memiliki banyak penggemar. 

Cowok yang bernama lengkap Mohammad Abidzar Al Ghifari, putra kedua mendiang Uje ini telah berusia 17 tahun.  Selain dikenal sebagai sosok yang tampan, Abidzar ini ternyata mewarisi bakat bermusik dari almarhum ayahnya.

Abidzar mengawali karier dengan bergabung pada sebuah boy band yang bernama The Oncom's pada tahun 2013. Nama The Oncom's diambil dari filosofi makanan oncom yang sederhana namun disukai banyak orang.

Bahkan saat dirinya mengunggah foto saat menyanyi, cukup banyak netizen yang bilang bahwa dirinya mirip Zayn Malik. Selain itu terlihat bahwa dirinya juga menyukai sepeda motor dalam unggahnnya di Instagram.

Selain itu baru-baru ini Abidzar terlihat sedang dalam project yang sama bersama selebgram terkenal Indonesia, Anya Geraldine. Keduanya bersama dalam project pemotretan dengan menggunakan pakaian seragam SMA yang nampak serasi.

Berikut 6 potret kedekatan Abidzar Al Ghifari dengan Anya Geraldine yang Liputan6.com rangkum dari Instagram, Selasa (30/7/2019).

Dalam projek kali ini keduanya bersama-sama berakting menjadi anak SMA.

Abidzar Al-Ghifari dan Anya Geraldine (Sumber: Instagram/anyageraldine)

Meski memiliki perbedaan usia 7 tahun, keduanya nampak seumuran.

Abidzar Al-Ghifari dan Anya Geraldine (Sumber: Instagram/anyageraldine)

Selain Abidzar dan Anya, ternyata juga diikuti oleh pemain lain yang sama-sama jadi anak SMA.

Abidzar Al-Ghifari dan Anya Geraldine (Sumber: Instagram/syarifaria_)

Anya dalam Instagramnya sendiri pun mengunggah foto bersamanya dengan Abidzar.

Abidzar Al-Ghifari dan Anya Geraldine (Sumber: Instagram/syarifaria_)

Meski hanya sebentar, namun Anya merasa momen kebersamaan mereka sangat berarti.

Abidzar Al-Ghifari dan Anya Geraldine (Sumber: Instagram/syarifaria_)

Keseruan ini pun dinikmati oleh keduanya dan para pemain lainnya

Abidzar Al-Ghifari dan Anya Geraldine (Sumber: Instagram/syarifaria_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Nurdin Basirun Diperiksa KPK Terkait Suap Izin Reklamasi

Posted: 29 Jul 2019 09:45 PM PDT

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Nurdin Basirun diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF 2019: Siap Kudeta Timor Leste

Posted: 29 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-15 meraih hasil bagus di dua laga awal Piala AFF U-15 2019. Skuat racikan Bima Sakti ini menang 2-0 atas Vietnam dan menghajar Singapura 3-0.

Hasil tersebut menempatkan Timnas Indonesia U-15 di posisi kedua klasemen sementara Grup A. Timnas Indonesia U-15 hanya kalah selisih gol dari Timor Leste, yang juga memiliki jumlah poin sama.

Timnas Indonesia U-15 berpeluang merebut puncak klasemen dari Timor Leste saat keduanya bentrok pada laga ketiga. Laga tersebut akan dimainkan di IPE Stadium, Chonburi, Rabu (31/7/2019).

Pelatih Timnas Indonesia U-15 Bima Sakti menegaskan anak asuhnya siap melawan siapa pun di ajang ini. "Kami, baik para pemain dan ofisial, sudah siap untuk berjuang penuh di sana," ujar Bima seperti dilansir situs resmi PSSI.

"Tim sudah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap laga. Saya yakin jika kami terus menjaga dan memegang teguh hal itu, maka hasil terbaik akan mengikuti," lanjut mantan pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.

Usai menghadapi Timor Leste, Timnas Indonesia U-15 selanjutnya akan menghadapi Filipina dan Myanmar. Lihat jadwal Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 pada halaman berikut.

 

Jadwal Timnas Indonesia U-19

Singkatnya jeda antarpertandingan membuat pelatih Bima Sakti bakal melakukan rotasi pemain Timnas Indonesia U-15 saat menghadapi Singapura (28/7/2019). (dok. PSSI)

Rabu, 31 Juli 2019

Timnas Indonesia U-15 Vs Timor Leste

Live SCTV Pukul 15.00 WIB

Jumat, 2 Agustus 2019

Filipina vs Timnas Indonesia U-15

Live SCTV Pukul 15.00 WIB

Minggu, 4 Agustus 2019

Timnas Indonesia U-15 Vs Myanmar

Live SCTV Pukul 15.00 WIB

Daftar skuat timnas Indonesia U-15

Kiper: I Made Putra Kaicen (Bali United), Muhammad Assyurah Al Faqih (PSM Makassar), Nevin Geraldo Kosasih (Perseru Badak Lampung)

Belakang: Marcell Januar Putra (Bali United), Kadek Arel Priyatna (Bali United), M. Fajar Setiawan (Persija Jakarta), Mochamad Aditya Rangga Saputra (Borneo FC), Muhammad Khakim Al Mukhasibi (Bhayangkara FC), Alfin Farhan Lestaluhu (SKO Ragunan)

Tengah: Resa Aditya Nugraha (Tira Persikabo), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Ruy Arianto (Persebaya Surabaya), Dimas Juliono Pamungkas (Persib Bandung), Diandra Diaz Dewari (Persib Bandung), Mikael Alfredo Tata (Persipura Jayapura), Ahmad Athallah Araihan (SKO Ragunan), Dio Rizky Saputra (Persebaya Surabaya), Aditya Daffa Al Haqi (Barito Putera)

Depan: Muhammad Valeron (Persib Bandung), Mochamad Faizal Shaifullah (Persela Lamongan), Franciscus Valentino Amaral (PSIS Semarang), Alexandro Felix Kamuru (Barito Putera), Wahyu Agong Drajat Mulyono (Persebaya Surabaya)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minim Penumpang Jadi Alasan Citilink Tutup 3 Rute di Bandara Kertajati

Posted: 29 Jul 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Citilink Indonesia menutup sejumlah rute dari dan ke Bandara Kertajati, Jawa Barat mulai 26 Juli 2019. Penutupan ini lebih disebabkan karena minimnya penumpang yang melalui bandara terbesar di Jawa Barat ini.

"Penutupan rute ini dilakukan setelah adanya evaluasi bahwa saat ini sedang low season sehingga seat load factor menjadi cukup rendah di rute-rute tersebut," kata VP Corporate Secretary & CSR Citlink Indonesia Resty Kusandarina, Selasa (30/7/2019).

Beberapa rute yang ditutup dari Bandara Kertajati yaitu Denpasar-Kertajati PP, Palembang-Kertajati PP, dan Kualanamu-Kertajati PP.

Meski sejumlah rute tersebut ditutup, namun kini masih ada rute yang beroperasi yaitu Surabaya-Kertajati PP dan Pekanbaru-Kertajati PP.

"Sebagai maskapai berbiaya rendah (LCC) premium di Indonesia, Citilink Indonesia senantiasa melakukan evaluasi terhadap rute-rute yang dibuka agar setiap rute penerbangan yang dioperasikan Citilink berlangsung dengan lebih optimal," tegas dia.

Citilink Tutup 3 Rute Penerbangan di Bandara Kertajati

Penerbangan komersial perdana Maskapai Citilink di Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia menutup sementara penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Penutupan ini mulai 26 Juli 2019. Penutupan dilakukan karena tingkat keterisian penumpang rendah.

"Tingkat keterisiannya rendah," kata Senior Manager Corporate Communication Citilink Indonesia Fariza Astriny kepada ANTARA, dikutip Selasa (30/7/2019).

Fariza menyebutkan tingkat keterisian penerbangan dari dan ke Kertajati tidak lebih dari 50 persen. Sehingga, kondisi tersebut menguras biaya operasional dengan margin pendapatan jauh dari apa yang ditargetkan.

"Kalau angka yang pasti kalau buat rute Kertajati sekitar 50 persen itu sudah bagus," katanya.

Ia pun mengaku Citilinkbelum mengetahui kapan rute dari dan ke Bandara Kertajati akan dibuka kembali, meskipun pada saat musim ramai Lebaran nanti.

"Belum ada arah ke sana, belum ada rencana pembukaannya lagi. Tapi, saat ini memang ditutup," katanya.

Citilink memberhentikan sementara beberapa rute dari dan ke Bandara Kertajati per 26 Juli 2019. Rute yang ditutup sementara adalah Denpasar-Kertajati PP, Palembang-Kertajati PP, dan Kualanamu-Kertajati PP.

Sebelumnya Vice President Corporate Secretary & Corporate Social Responsibility Citilink Indonesia Resty Kusandarina mengatakan penutupan rute tersebut dilakukan setelah adanya evaluasi bahwa saat ini sedang musim sepi sehingga tingkat keterisian menjadi cukup rendah di rute-rute tersebut.

Adapun rute lain di Bandara Kertajati yaitu Pekanbaru-Kertajati PP serta Surabaya-Kertajati PP masih beroperasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iseng Jualan, Dagangan Ayu Azhari Laris Manis di Swedia

Posted: 29 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ayu Azhari bersama putrinya Isabelle Tramp mengisi acara di Taman Stockholm, Swedia. Keduanya tampil menyanyi dan memamerkan koleksi desain busana bikinannya dalam acara Wonderful Indonesia Festival Kampung Indonesia.

Dalam acara tersebut, warga dan wisatawan bisa mengenal Indonesia lewat lagu, gamelan dan pertunjukan budaya lainnya dari para pengisi acara. Termasuk Ayu Azhari dan putrinya yang juga membuka booth untuk menjual pernak-pernik khas Indonesia. Tak disangka, respons warga lokal Swedia terhadap karya dari Indonesia itu di luar dugaan.

"Kebetulan Isabelle ada beberapa koleksinya yang bisa ditampilkan dan semuanya memang ethnic juga konsepnya, pas untuk dibawa ke Stockholm untuk summer. Dan ternyata banyak yang tertarik, laris deh alhamdulillah," kata Ayu Azhari melalui keterangan yang diterima Liputan6.com pada Senin (29/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Ayu Azhari memperkenalkan karya-karya Indonesia asal Flores, Nusa Tenggara Timur, seperti kain-kain tradisional hingga lagu daerahnya. Bahkan, saking tertariknya, baju yang tengah dikenakan Ayu Azhari pun sampai-sampai ditawar oleh wisatawan.

(istimewa)

Tampil Menyanyi

(Foto Istimewa)

"Masya Allah belum acara selesai sudah habis semua. Pakaian yang aku pakai juga jadi perhatian dan semua tertarik mau bel, tapi tidak untuk dijual. Karena ada yang dikasih hadiah dari sahabat saya, keluarga yang memang orang asli Flores dan ada batik hadiah dari suami," kata Ayu Azhari.

Sementara itu, putri Ayu Azhari juga turut memeriahkan acara tersebut dengan menyanyikan lagu-lagu Indonesia seperti "Tombo Ati" dengan irama keroncong, serta lagu RAN yaitu "Dekat Di Hati".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerard Pique Ketagihan Beli Klub Sepak Bola

Posted: 29 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Bek Barcelona, Gerard Pique, terus mengembangkan bisnisnya. Suami seksi Shakira itu belum lama ini lagi-lagi membeli sebuah klub sepak bola.

Klub yang dibeli Gerard Pique kali ini bernama Gimnastic Manresa. Ia menguasai 80 persen saham Gimnastic Manresa. Klub itu resmi dibelinya pada Minggu (28/7/2019), setelah penawarannya diterima pemilik sebelumnya. 

Pique melakukan pembelian terhadap Gimnastic Manresa diwakili perusahaannya, Kosmos.

Bek berusia 32 tahun itu berencana menjadikan Gimnastic Manresa sebagai tim satelit atau akademi FC Andorra. 

Sebagai catatan, Pique pada Januari lalu jadi pemilik sah FC Andorra, sebuah klub peserta Divisi Kelima di La Liga. FC Andorra hingga saat ini belum memiliki tim usia muda dan hanya punya tim utama.

Keberadaan Gerard Pique sebagai pemilik baru dipastikan membawa perubahan baru, terutama dari sisi infrakstruktur klub. Pique diyakini akan melakukan perbaikan seperti dalam hal rumput dan penerangan, juga membawa investasi terhadap klub.

 

Perusahaan Pique

Di sisi lain, tak hanya berkaitan dengan sepak bola, Kosmos, perusahaan Pique, juga bergerak di bidang tenis, olahraga, video game, kacamata, minuman isotonik, hingga hamburger organik.

Dengan segala bisnis yang dibangunnya, Gerard Pique bisa jadi tak akan gundah saat memasuki masa pensiun atau setelah gantung sepatu dari kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Sumber: Football Espana/Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Umbar Retorika Rasis Lagi, Kali Ini Sasar Politikus Kulit Hitam

Posted: 29 Jul 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengumbar retorika rasis, kali ini menyasar seorang politisi kulit hitam asal Baltimore, Maryland.

Trump mengatakan lewat Twitter pada akhir pekan lalu bahwa distrik Baltimore, yang direpresentasikan oleh anggota DPR AS Elijah Cummings (Demokrat), sebagai "kekacauan yang menjijikan, penuh dengan tikus dan hewan pengerat", di mana "tidak ada manusia yang ingin tinggal di sana."

Baltimore merupakan wilayah konstituen DPR AS yang mayoritas dihuni oleh komunitas Afrika-Amerika.

Seperti dikutip dari Associated Press pada Selasa (30/7/2019), Trump beranggapan bahwa komentar kerasnya itu "tidaklah rasis." Ia justru menyebut, Cummings-lah yang bersikap demikian.

"Jika si rasis Elijah Cummings mau memusatkan energinya untuk menolong orang-orang baik di distriknya, dan Baltimore, mungkin perbaikan untuk wilayah itu bisa terjadi," kata Donald Trump.

Setelah 'menyerang' Cummings, sang presiden kembali mengumbar retorika kerasnya kepada seorang simpatisan sang legislator, pendeta Al Sharpton, yang juga berasal dari Baltimore.

Sharpton sebelumnya menggelar konferensi pers, menyuarakan kritiknya terhadap komentar Trump kepada Cummings.

"Al (Sharpton) adalah penjahat, pembuat masalah," kritik Trump kepada sang pendeta, yang juga merupakan aktivis hak-hak sipil di AS.

Sang presiden juga menyebut Sharpton sebagai "Pembenci kulit putih & polisi," lanjutnya lewat sebuah cuitan di Twitter.

Sharpton merespons, dengan mengatakan "Saya memang membuat masalah (terkhusus) untuk para bigot," jelasnya mereferensi Donald Trump.

Ini merupakan kelanjutan dari retorika berbau rasis yang diutarakan oleh sang presiden AS. Beberapa pekan lalu, ia 'menyerang' beberapa legislator perempuan AS berdarah Latin-Amerika dan naturalisasi, dengan mengatakan bahwa mereka "bisa kembali ke (negara) asalnya yang rusak dan penuh dengan kejahatan".

Tanggapan Gedung Putih

Ekspresi Presiden AS Donald Trump saat menghadiri National Prayer Breakfast atau Sarapan Doa Nasional di sebuah hotel di Washington DC (8/2). (AFP Photo/Mandel Ngan)

Kantor Kepresidenan AS atau Gedung Putih buka suara terkait retorika tajam sang presiden kepada politisi dan figur Afrika-Amerika Baltimore tersebut.

Penjabat Kepala Staf Kepresidenan, Mick Mulvaney mengatakan bahwa komentar sang presiden merupakan "reaksi rasa frustrasinya kepada fraksi Demokrat di Kongres yang terus membakar isu tentang skandal campur tangan Rusia pada Pilpres 2016 dan potensi pemakzulan presiden," AP melaporkan.

Trump, kata Mulvaney, melontarkan kritik keras terkait isu di Baltimore karena "para pengkritiknya di Kongres AS mengabaikan masalah serius di dalam negeri dan cenderung hanya berfokus pada upaya-upaya untuk melemahkan pemerintah."

"Saya mengerti bahwa semua yang dikatakan Donald Trump menyinggung beberapa orang," kata Mulvaney.

Namun dia menambahkan, "Presiden mengkritik terhadap apa yang dia anggap salah. Begitulah cara dia melakukannya di masa lalu, dan dia akan terus melakukannya di masa depan."

AP menulis, Donald Trump tengah berupaya untuk menempatkan publik AS ke dalam polarisasi rasial serta memanfaatkan kecemasan masyarakat pada aspek demografis serta budaya, demi menjaring simpatik menjelang kampanyenya untuk Pilpres 2020 mendatang.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Spesifikasi Galaxy Note 10 Plus Bocor di Internet

Posted: 29 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bocoran informasi tentang spesifikasi Galaxy Note 10 Plus yang marak muncul di internet, menuai perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (29/7/2019) kemarin.

Artikel lain yang juga menyedot perhatian datang dari Honor 20 Pro dijual 2 Agustus 2019, dan Kimi Hime direncanakan bertemu Kemkominfo.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Samsung Tak Sengaja Ungkap Spesifikasi Galaxy Note 10 Plus

Tampilan gambar render Galaxy Note 10 Plus (Foto: Gizmochina)

Peluncuran Samsung Galaxy Note 10 Plus tinggal menunggu waktu. Flagship smartphone besutan Samsung itu dipastikan meluncur pada 8 Agustus 2019.

Sejumlah informasi mengenai smartphone ini pun sempat bocor di internet. Terbaru, Samsung sendiri yang dilaporkan tidak sengaja mengungkap spesifikasi Galaxy Note 10 Plus.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (29/7/2019), informasi ini mengenai Galaxy Note 10 Plus ternyata diketahui dari laman Samsung Rumania, Samsung Slovakia, dan sejumlah situs perusahaan di wilayah Eropa.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Honor 20 Pro Mulai Dijual 2 Agustus 2019

Honor 20 Pro usung kamera yang serupa dengan Huawei P20 Pro. (Doc: CNMO)

Setelah diumumkan pada Mei lalu, Honor 20 Pro akhirnya dirilis secara resmi. Peluncuran smartphone ini diumumkan di dalam sebuah acara di Moskwa, Rusia.

Dilansir GSM Arena, Senin (29/7/2019), Honor 20 Pro akan tersedia di Rusia mulai 2 Agustus 2019. Sementara pasar lain, termasuk Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, Jerman, Belanda, Republik Ceko, Finlandia, Polandia, Malaysia, Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, akan menyusul dalam waktu dekat.

Honor 20 Pro dibanderol 34.990 Russian ruble atau sekira Rp 7,7 juta di Rusia. Harga jual di negara-negara lain diperkirakan tidak akan jauh berbeda.

Baca selengkapnya di sini

3. Kimi Hime Sambangi Kemkominfo Siang Ini

Kimi Hime. Dok: Instagram @kimi.hime

YouTuber Kimi Hime pada hari ini, Senin (29/7/2019), dijadwalkan bertemu dengan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Pertemuan ini untuk membahas konten YouTube miliknya yang dipermasalahkan.

"Iya, hari ini di Kominfo pukul 11.00 WIB," ungkap Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, kepada Liputan6.com, saat dimintai konfirmasi soal kedatangan Kimi Hime.

Kedatangan perempuan bernama asli Kimberly Khoe itu berselang beberapa hari setelah tiga kontennya diblokir oleh Kemkominfo. Ketiganya dinilai sebagai konten negatif.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Stasiun-Stasiun Kereta di Surabaya yang Menyediakan Tarif Khusus

Posted: 29 Jul 2019 09:30 PM PDT

Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya menyatakan ada sejumlah stasiun-stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya yang bisa mendapatkan tiket kereta dengan tarif reduksi di fasilitas customer service.

Calon penumpang yang berhak atas tarif reduksi (lansia, TNI, Polri, LVRI, dan wartawan) kini harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Kebijakan itu berlaku untuk keberangkatan kereta api (KA) mulai 1 September 2019.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menuturkan, registrasi mulai bisa dilakukan pada 1 Agustus 2019 di customer service stasiun atau di loket stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh, apabila di stasiun tersebut tidak memiliki layanan customer service.

"Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, stasiun-stasiun yang terdapat fasilitas customer service adalah Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Wonokromo, Stasiun Malang, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Mojokerto, Stasiun Bangil dan Stasiun Bojonegoro," ujar dia seperti dikutip dari suarasurabaya.net, Selasa (30/7/2019).

Syarat registrasi untuk calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket kereta dengan tarif reduksi adalah calon penumpang harus membawa bukti identitas asli atas hak reduksi yang masih berlaku.

Registrasi juga dapat diwakilkan dengan syarat tambahan yaitu membawa pas foto terbaru penumpang yang akan didaftarkan. Registasi dilakukan paling lambat tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Registrasi itu cukup dilakukan sekali saja sampai berakhirnya masa reduksi penumpang yang bersangkutan. Jika masa reduksi sudah habis dan ingin hak reduksi kembali, wajib dilakukan registasi ulang.

Misalnya, perjanjian kerja sama (PKS) antara TNI/Polri dengan KAI yang habis masa berlakunya atau surat tugas bagi wartawan yang sudah kadaluarsa.

Sebelumnya penumpang yang berhak atas tarif reduksi harus menyertakan fotokopi identitas di setiap transaksi loket. Kini bagi mereka yang sudah melaksanakan proses registrasi cukup menyebutkan nama/nomor hp/nomor identitas, tanpa menyertakan fotokopi identitas lagi.

Suprapto mengharapkan dengan ada kebijakan ini,  masyarakat yang berhak mendapat tarif reduksi semakin dimudahkan dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api di Daop 8 Surabaya.

Stasiun Semut Surabaya, Warisan Belanda Berusia 141 Tahun

Harga tiket kereta ekonomi baru jurusan Stasiun Gubeng-Pasar Senen sebesar Rp 250 ribu. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)

Sebelumnya, di Surabaya, Jawa Timur terdapat tujuh stasiun kereta api yang masih aktif. Dari tujuh stasiun tersebut, ada yang merupakan peninggalan Belanda.

Salah satunya, Stasiun Semut atau dikenal juga Stasiun Surabaya Kota (SB). Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menetapkan Stasiun Surabaya Kota atau Stasiun Semut salah satu cagar budaya. Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun 9, Surabaya, Jawa Timur. Stasiun Semut sebelumnya disebut Stasiun Bibis karena keberadaannya di depan Kali Bibis.

Mengutip laman cagarbudaya.kemendikbud.id, Stasiun Semut diresmikan oleh J.W. Van Lasberge pada 16 Mei 1878. Hal itu bersamaan dengan dibukanya dua jalur kereta api Surabaya-Pasuruan dan Surabaya-Malang sepanjang 115 kilometer. 

Tujuan dibukanya jalur kereta api tersebut untuk mengangkut hasil-hasil bumi dan perkebunan dari daerah pedalaman, Jawa Timur. Meningkatnya penggunaan kereta api,pada 11 November 1911 konstruksi stasiun ini mengalami perluasan sampai ke wujud yang sekarang ini.

Selanjutnya, pada 1930-an, Stasiun Surabaya Kota menjadi stasiun ujung untuk kereta api ekspres yang terbaik. Rutenya dari Eendaagsche yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya dalam waktu tercepat, yaitu 11 jam 30 menit.

Stasiun Surabaya Kota sudah dijadikan cagar budaya oleh wali kota Surabaya pada 26 September 1996. Stasiun itu sebagai konstruksi yang harus dipertahankan bersama dengan bangunan cagar budaya lainnya yang ada di Surabaya.

Keberadaan stasiun ini sempat terancam dengan rencana pembangunan pusat perbelanjaan dan kawasan pertokoan. Hal tersebut bisa merusak keaslian lanskap stasiun.

Konstruksi lama stasiun ini mulai direnovasi pada Juni 2012, untuk bisa dioperasikan kembali untuk penumpang. Sejak Juli 2014, stasiun Surabaya Kota telah menggunakan sistem persinyalan elektrik buatan salah satu perusahaan di Surabaya.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jennifer Dunn Berbohong soal Rumah Barunya?

Posted: 29 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jennifer Dunn sempat memamerkan rumah barunya yang tampak mewah. Dalam video singkat, cewek yang akrab disapa Jedun itu menunjukkan beberapa spot rumah dan kamar pribadinya.

Istri pengusaha Faisal Harris itu juga menunjukkan beberapa fasilitas mewah seperti kolam renang yang berada di halaman belakang. Rumah yang terletak di daerah Patra Kuningan, Jakarta Selatan itu sempat terdaftar di situs jual beli rumah online.

Dilansir dari situsnya, rumah tersebut dibandrol dengan harga Rp 42 M. Anehnya, hingga kini iklan rumah mewah Jennifer Dunn di situs tersebut tak juga diturunkan. Tak ada tanda-tanda rumah itu sudah terjual, hingga akhirnya netizen pun bertanya-tanya soal siapa pemilik aslinya.

Untuk mengungkapkan kebenarannya, tim Insertlive lantas melakukan penelusuran dengan menghubungi seseorang bernama Risyad. Nomor telepon Risyad sendiri tertera di iklan rumah Jennifer Dunn sebagai contact person.

Belum Laku

Jennifer Dunn (Adrian Putra/Bintang.com)

Dari penuturan Irsyad diketahui hingga kini rumah mewah seluas 550 meter itu belum laku terjual. Bahkan statusnya pun masih bebas penghuni. "Belum laku itu pak. Belum laku," kata Pak Irsyad menjelaskan.

Lebih lanjut, Irsyad juga mengatakan tak pernah melakukan transaksi apapun baik itu dengan pihak Jennifer Dunn maupun Faisal Harris. Apakah ini berarti Jedun sudah berbohong ke khalayak soal rumah mewahnya? "Iya belum, belum ada (transaksi)," pungkasnya.

(Tyssa Madelina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ronaldo Tak Dimainkan di Korsel, Fans Tuntut Penyelenggara

Posted: 29 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juventus tidak memainkan Cristiano Ronaldo saat melawan K-League All Star di Seoul, Korea Selatan. Akibatnya penonton kecewa dan menuntut penyelenggara acara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serbu, Pemerintah Buka 175 Ribu Formasi PPPK dan CPNS 2019

Posted: 29 Jul 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan, pemerintah pada tahun ini akan membuka total sebanyak 175 ribu formasi pada perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap II dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Pernyataan itu ia keluarkan pasca melakukan rapat koordinasi (rakor) persiapan perencanaan perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Selasa ini.

"Untuk tahun ini akan direkrut 100 ribu CPNS, kemudian 75 ribu PPPK. Jadi total sekitar 175 ribu," jelas Syafruddin di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Kendati begitu, ia menambahkan, pemerintah masih belum bisa memutuskan jadwal pasti kapan kedua seleksi ASN itu bakal digelar. Sebab, pemerintah pusat masih harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah terlebih dahulu untuk kesiapan dananya.

"Nah, ini hasil rakor ini akan disusun jadwalnya. Ini akan djbahas 2 hari ini, kapan timelinenya, kapan jadwalnya," ujar dia.

"Karena itu menyangkut anggaran, bukan hanya anggaran APBN pemerintah pusat, tapi juga APBD. Itu harus disinkronkan, karena gaji-gaji para guru di daerah itu anggarannya APBD," dia menambahkan.

Dia pun memastikan, pelaksanaan tes PPPK Tahap II dan CPNS 2019 tetap akan dilaksanakan pada tahun ini.

"Iya tahun ini, enggak boleh lewat. Karena sudah rencananya itu RPJMN (Rencana Panjang Jangka Menengah Nasional) tahun ini," pungkas dia.

BKN: Rekrutmen PPPK Tahap II dan CPNS 2019 Mungkin Digelar Bareng

Sistem tes seleksi CPNS berbasis online merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka kemungkinan untuk membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) Tahap II dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada waktu yang bersamaan.

Sebelumnya, perekrutan PPPK Tahap I sempat direncakanan bakal dilaksanakan pada Agustus, sementara CPNS 2019 pada Oktober mendatang.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, sistem penarikan PPPK akan memakan waktu lebih cepat, lantaran pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dijadikan satu waktu.

"Nah CPNS ini yang butuh waktu. SKD-nya dulu selesai, baru SKB di masing-masing instansi kan. Tapi biasanya kementerian karena perbedaan keterampilan yang dibutuhkan, jadi mereka ingin mengadakan (SKB) sendiri," jelas di di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu 24 Juli 2019. 

Secara alokasi formasi, pemerintah pada 2019 ini total membutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) baru sebanyak 250 ribu formasi. Jumlah itu kemudian dibagi 150 ribu formasi untuk PPPK dan 100 ribu formasi untuk CPNS.

Jumlah formasi yang saat ini masih tersedia untuk kedua seleksi tersebut yakni sekitar 200 ribu formasi. Dengan rincian, 100 ribu formasi pada PPPK Tahap II (seleksi tahap pertama baru menyaring sekitar 50 ribu formasi) dan 100 ribu formasi pada CPNS 2019.

Lebih lanjut, Bhima tak menutup kemungkinan bilamana perekrutan PPPK Tahap II dan CPNS 2019 dilaksanakan pada satu waktu. "Bisa saja, karena dari sisi sistem enggak ada bedanya. Misalnya ada 5 kelas, 2 kelas untuk PPPK, 3 kelas untuk CPNS, bisa saja. Dari sistem enggak ada masalah," tuturnya.

"Ini kan masalah management saja sebetulnya, apakah mereka bisa mengirimkan verifikasi untuk PPPK dan CPNS secara akurat dan tepat waktu. Itu aja," dia menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tersangka Suap Meikarta, Harta Sekda Jabar Melonjak dalam 7 Bulan

Posted: 29 Jul 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjerat Sekretaris Daerah Sekda Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar) Iwa Karniwa sebagai tersangka kasus suap izin pembangunan proyek Meikarta. Iwa diduga menerima Rp 900 juta dari PT Lippo Cikarang.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diakses melalui acch.kpk.go.id, Iwa Karniwa tercatat memiliki harta sebesar Rp 3.305.686.984 (Rp 3,3 miliar). Harta tersebut dilaporkan Iwa pada 15 Januari 2019.

Jumlah ini melonjak cukup drastis hanya dalam waktu sekitar tujuh bulan. Pada 6 Juni 2018, harta Iwa tercatat sebesar Rp 2.807.581.329 (Rp 2,8 miliar).

Kekayaan Iwa ini didominasi oleh harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang berjumlah hingga 50 bidang. Pada laporan 15 Januari 2019, harta Iwa berupa tanah dan bangunan senilai Rp 3.948.525.500.

Sedangkan pada laporan sebelumnya, Iwa memiliki 51 bidang tanah dan bangunan dengan nilai total Rp 4.136.025.500. Sementara untuk harta bergerak, pada dua laporan tersebut Iwa tercatat hanya memiliki harta bergerak sebesar Rp 61 juta.

Untuk kas atau setara kas lainnya, Iwa memilki Rp 140.564.092. Jumlah ini turun dari tahun sebelumnya, sejumlah Rp 556.863.141.

Dalam laporan tahun 2019, Iwa tercatat memiliki Rp 300 juta yang masuk dalam kategori harta lainnya. Di tahun sebelumnya harta tersebut tidak ada.

Sementara nilai utang yang dilaporkannya, Iwa Karniwa memiliki utang Rp 1.144.402.608 dalam laporan 2019. Jumlah itu turun dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp 1.946.307.312.

Suap Rp 900 Juta

Ilustrasi penyuapan (iStockphoto)

KPK menetapkan Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa sebagai tersangka kasus suap izin pembangunan proyek Meikarta. Dia diduga menerima uang suap Rp 900 juta dari mantan Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi Nurlaili.

Uang itu diduga dari PT Lippo Cikarang sebagai pemulus pembahasan substansi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi tahun 2017.

"Pihak Lippo Cikarang menyerahkan uang kepada Neneng Rahmi dan kemudian pada sekitar Desember 2017 dalam dua tahap, Neneng melalui perantara menyerahkan uang pada tersangka IWK dengan total Rp 900 juta terkait dengan pengurusan RDTR di Provinsi Jawa Barat," beber Saut.

Atas perbuatannya, Iwa Karniwa diancam Pasal ‎12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara Bartholomeus disangkakan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) dan Pasal 55 ayat (1) ke-1.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Atraksi Terjun Payung Meriahkan Peresmian Koopssus TNI

Posted: 29 Jul 2019 09:23 PM PDT

Penerjun payung mengibarkan bendera TNI dan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI usai peresmian Koopssus TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI berasal dari matra darat, laut, dan udara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung mengibarkan bendera TNI dan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI usai peresmian Koopssus TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI berasal dari matra darat, laut, dan udara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atraksi terjun payung usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI bertugas memberikan dukungan dalam operasi khusus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atraksi terjun payung usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI bertugas memberikan dukungan dalam operasi khusus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atraksi terjun payung usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI bertugas memberi dukungan dalam operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atraksi terjun payung usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI bertugas memberi dukungan dalam operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung membawa bendera Merah Putih usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah meresmikan Koopssus TNI. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung membawa bendera Merah Putih usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah meresmikan Koopssus TNI. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung bersiap mendarat saat beratraksi usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI berasal dari matra darat, laut, dan udara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung bersiap mendarat saat beratraksi usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI berasal dari matra darat, laut, dan udara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung mendarat saat beratraksi usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI bertugas memberikan dukungan dalam operasi khusus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung mendarat saat beratraksi usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI bertugas memberikan dukungan dalam operasi khusus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung mendarat saat beratraksi usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI bertugas memberi dukungan dalam operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerjun payung mendarat saat beratraksi usai upacara peresmian Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI bertugas memberi dukungan dalam operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: