Kamis, 11 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jokowi Sebut Kabinet Mendatang Kombinasi Tokoh Parpol dan Profesional

Posted: 11 Jul 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengaku telah mengantongi nama-nama jajaran menteri untuk kabinet periode 2019-2024. Jokowi menyebut dirinya memiliki kriteria khusus dalam menyusun menteri di periode berikutnya.

"Oh sudah, sudah (ada nama)," ucap Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Jumat (11/7/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku telah memiliki gambaran komposisi di kabinetnya. Menurut dia, kabinet periode kedua pemerintahannya akan diisi imbang antara professional dan dari partai politik.

"Ya kira kira 60:40 atau 50:50 kira-kira itu," kata Jokowi

Jokowi memastikan akan segera mengumumkan nama-nama jajaran menterinya. Namun, dia tak menjelaskan kapan akan mengumumkan nama-nama menteru periode 2019-2024.

"Secepatnya (diumumkan)," ujar Jokowi.

Tolak Kubu Prabowo

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dan Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate saat di Kantor DPP NasDem, Jakarta. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mendukung kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin diisi tokoh dari kalangan profesional. Tokoh profesional itu bisa dari partai politik dan non partai.

"Kami menekan kan betul agar kabinet Pak Joko Widodo diisi oleh tenaga-tenaga profesional. Tenaga profesional dari koalisi Indonesia kerja dan dari non partai politik," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2019).

Namun, Johnny menolak kabinet Jokowi diisi partai koalisi pengusung capres 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Sedangkan koalisi sebelah sebagai pihak belum berhasil memenangkan pilpres bisa mengambil peran konstruktif lain dalam rangka membangun negara tanpa menjadi bagian anggota kabinet," kata dia.

Johnny mengklaim, Nasdem memiliki sejumlah kader yang masuk kriteria calon menteri Jokowi di periode kedua. Namun, dia mengaku tidak mengajukan nama secara langsung.

"Pak Jokowi tahu untuk mengambil mana tokoh yang bagus termasuk tokoh Nasdem. Baik milenial tersedia, yang pengalaman senior tersedia, yang mempunyai kombinasi pengalaman non politik dan politik tersedia. Pak Jokowi punya pengalaman sangat banyak dari partai Koalisi Indonesia Kerja," kata Johnny.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Ghea Youbi Pedangdut yang Hobi Berkacamata Hitam, Memesona

Posted: 11 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Ghea Youbi kini telah menjelma sebagai pedangdut muda pendatang baru yang cukup diperhitungan. Single 'Gak Ada Waktu Beib' yang dirilis pada Juli 2018 lalu mengantarkan nama Ghea Youbi ke puncak popularitas. Saking viralnya, video klip lagu tersebut sukses mengumpulkan 118 juta viewers.

Lahir dari keluarga pedangdut, bakat menyanyi seorang Ghea Youbi nggak perlu diragukan lagi deh. Paras cantik pedangdut berusia 19 tahun ini pun kerap menghiasi layar kaca. Pada bulan Ramadan lalu, Ghea Youbi turut bergabung di sebuah acara televisi bersama Sule dan Andre Taulany yang membuat namanya semakin dikenal publik.

Nggak hanya dibekali suara bagus, pemilik nama lengkap Ghalia Robyul Adawiyah ini juga mencuri perhatian publik lewat parasnya yang cantik dan gaya stylish-nya. Bahkan ia sering mengunggah momen dengan gaya menarik di media sosialnya. Salah satu gaya yang identik dengan Ghea Youbi adalah kacamata hitam.

Kacamata hitam ini sepertinya sudah melekat dan menjadi ciri khas dari Ghea Youbi sendiri. Berikut Liputan6.com rangkum 7 gaya Ghea Youbi pedangdut yang hobi berkacamata hitam, cantik dan memesona, Jumat (12/7/2019).

1. Ghea Youbi merupakan pedangdut yang tengah naik daun

View this post on Instagram

Tap!!

A post shared by GHALIA R. A (@gheayoubi) on

2. Memiliki suara yang bagus, wajah cantik dan gaya style buat siapa saja terpesona melihatnya

View this post on Instagram

(Tap!!)

A post shared by GHALIA R. A (@gheayoubi) on

3. Salah satu gaya yang menjadi ciri khasnya adalah kaca mata hitam

5. Wajahnya yang putih semakin cantik jika dipadukan dengan kaca mata hitam

6. Bahkan saat di kamar mandipun ia bahkan menggunakan kaca mata hitam kesayangan

7. Memang kalau orang sudah cantik, pakai apa aja selalu terlihat memesona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Keseruan Magicomic Show Bersama Deddy Corbuzier di Indosiar

Posted: 11 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indosiar tak pernah bosan hadirkan berbagai acara menarik untuk para penonton setianya. Kali ini hadir program baru bertajuk "Magicomic Show" bersama dengan Deddy Corbuzier.

Tak hanya Deddy Corbuzier, akan hadir pesulap ternama lainnya yang menyuguhkan aksi serta trik memukau di atas panggung. Salah satu aksi yang ditunggu-tunggu adalah penampilan menegangkan dari The Sacred Riana.

Ditambah lagi dengan aksi kocak dari para komika top Tanah Air, sebut saja Ali Akbar, Awwe, Ebel, sampai Pandji Pragiwaksono yang akan menghadapi tantangan sang master, Deddy Corbuzier.

Saksikan keseruan Deddy Corbuzier bersama pesulap dan komika lainnya di Magicomic Show yang mulai tayang pada Sabtu, 13 Juli pukul 20.30 WIB di Indosiar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Truk Minyak Goreng Terguling, Warga Berebut Bawa Ember

Posted: 11 Jul 2019 09:37 PM PDT

Mojokerto - Truk berisi minyak goreng terguling di Jalan Raya Bypass Km 51, Desa Kenanten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (11/7/2019). Akibatnya 9.000 liter minyak goreng tumpah dan langsung dikerumuni warga.

"Ya, daripada mubazir. Ini tadi dapat dua ember," kata Abdul Rochim, warga setempat seperti dikutip Jawapos.com.

Kasatlantas Polres Mojokerto AKP Bobby Muhammad Zulfikar membenarkan adanya pengambilan sisa-sisa migor yang tumpah oleh warga. Menurut dia, itu sulit dihentikan. "Kami fokus ke truk dan tangkinya untuk dievakuasi," katanya tadi malam.

Truk tangki bernopol AG 9276 RC yang dikemudikan Samsul itu semula berjalan lambat dari arah Surabaya menuju Jombang, Jawa Timur.

Namun, tepat di lokasi kejadian, pukul 13.15, as roda belakang bagian kanan mendadak putus. Tangki yang berisi muatan pun anjok, lalu terguling di tengah jalan menuju Jombang.

"Saya mau kirim ke Kediri. Ini tadi (kemarin, Red) dari Pelabuhan Perak, Surabaya," ungkap pria 48 tahun dari Desa Gurah, Ke­camatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, itu.

Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Samsul yang tidak didampingi kernet hanya luka ringan. Begitu truk terguling tepat di median jalan, warga di sekitar lokasi langsung mendekat dengan membawa sejumlah peralatan rumah tangga. Mulai timba, ember, jeriken, hingga botol-botol plastik.

Mereka tak hanya memunguti migor yang tumpah di jalan transnasional itu. Minyak goreng yang mengucur deras dari lubang atas tangki pun ditadahi dengan ember, timba, dan jeriken.

Kecelakaan itu mengakibatkan kemacetan panjang, terutama ke arah Jombang. Arah sebaliknya ke Surabaya juga terkena imbas. Jadilah banyak bus antarkota arah Jombang dan Surabaya yang memilih lewat Mojokerto Kota untuk menghindari kemacetan. Tanpa melewati Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto, yang berada di pinggiran kota.

"Saya harus menunggu lama tadi (kemarin, Red) untuk bisa mendapatkan bus. Harus keluar dulu dari terminal," kata Nuris Andi Prastiyo, penumpang bus tujuan Surabaya.

Bobby menjelaskan, proses evakuasi berlangsung kurang lebih tujuh jam. Sekitar pukul 20.00 lalu lintas baru mulai lancar.

Dibutuhkan waktu lama karena pembersihan jalan dari sisa-sisa tumpahan migor. Mengenai kerugian, Samsul mengaku belum bisa menyebut secara pasti. "Kalau harga umumnya, 1 liter biasa dijual Rp 10.500. Lha pasca terguling ini, migor dalam tangki hanya menyisakan kisaran 900 liter," kata Samsul.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Antarlini Tira Persikabo vs Madura United: Unjuk Gigi Pemain Berkualitas

Posted: 11 Jul 2019 09:35 PM PDT

Bogor - Tira Persikabo akan menghadapi Madura United pada pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan di Indosiar. Duel ini akan dimainkan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (12/7/2019).

Tira Persikabo saat ini di peringkat kedua dengan 15 poin dari tujuh pertandingan. Tim berjuluk Laskar Pajajaran ini unggul satu poin dari Madura United di peringkat ketiga. Namun, Madura United baru memainkan lima pertandingan.

Tira Persikabo dan Madura United menjadi dua dari tiga tim yang nihil kekalahan di Liga 1 2019. Selain itu, terdapat Bali United yang kini menduduki singgasana klasemen sementara dengan 16 poin dari enam laga.

Label kuda hitam layak disematkan kepada Tira Persikabo. Kurang diunggulkan pada awal musim, Laskar Pajajaran malah muncul sebagai pendobrak persaingan di papan atas.

Duel Tira Persikabo versus Madura United dipastikan akan berjalan seru dan menegangkan. Mengingat, kedua kubu bermateri pemain berkualitas.

Angga Saputro Vs Muhammad Ridho

Kiper Madura United, Muhammad Ridho Djazulie. (Bola.com/Aditya Wany)

Tira Persikabo memiliki penjaga gawang heroik dalam diri Angga Saputro. Lewat kepemimpinannya di bawah mistar gawang, Laskar Pajajaran hanya lima kali kemasukkan.

Madura United juga punya benteng tangguh bernama Muhammad Ridho. Dari lima kali tampil, kiper berusia 28 tahun baru kebobolan dua gol.

Khurshed Beknazarov Vs Jaimerson Xavier

Bek Madura United yang dipinjamkan ke Persija Jakarta, Jaimerson Xavier. (Bola.com/Aditya Wany)

Duet Khurshed Beknazarov dan Andy Setyo jadi garansi kuatnya sektor belakang Tira Persikabo. Sejauh ini, penampilan nama pertama terbilang apik meredam serangan lawan.

Di kubu Madura United, Jaimerson Xavier adalah tembok kokoh lini pertahanan. Bek asal Brasil itu selalu tampil dalam pertandingan Madura United di Liga 1 2019.

Louise Parfait Vs Zulfiandi

Gelandang Arem,a Hendro Siswanto, gagal menghalau gelandang Tira Persikabo, Parfait Essengue, di Stadion Gajayana, Malang (29/6/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Lini tengah akan menjadi pertarungan antara Luise Parfait dengan Zulfiandi. Keduanya sama-sama berperan sebagai gelandang jangkar di Tira Persikabo dan Madura United.

Kontribusi keduanya sangat penting merujuk dari jumlah penampilan. Parfait dan Zulfiandi selalu bermain di musim ini.

Ciro Alves Vs Alberto Goncalves

Pemain Tira Persikabo, Ciro Alves, saat melawan pada Bhayangkara FC laga Liga 1 2019 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/Yoppy Renato)

Pertandingan nanti diperkirakan akan menjadi panggung bagi penyerang Tira Persikabo, Ciro Alves. Pemain asal Brasil ini adalah pencetak gol sementara Liga 1 2019 dengan lima gol.

Adapun, Madura United bakal mengandalkan Alberto Goncalves untuk meneror lini pertahanan Tira Persikabo. Meski telah berusia 38 tahun, bomber naturalisasi ini masih produktif dengan mengukir empat gol.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lucu, Bayi Macan Tutul Siap Ambil Hati Pengunjung di Denmark

Posted: 11 Jul 2019 09:33 PM PDT

Seekor bayi macan tutul terlihat di kandangnya, Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Bayi macan tutul tersebut baru diperkenalkan sebulan setelah kelahiran untuk memastikan perkembangannya. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Seekor bayi macan tutul terlihat di kandangnya, Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Bayi macan tutul tersebut baru diperkenalkan sebulan setelah kelahiran untuk memastikan perkembangannya. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Bayi macan tutul terlihat di kandangnya, Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Bayi macan tutul tersebut kini sudah dipasang chip dan menambah koleksi penghuni kebung binatang tersebut. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Bayi macan tutul terlihat di kandangnya, Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Bayi macan tutul tersebut kini sudah dipasang chip dan menambah koleksi penghuni kebung binatang tersebut. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Bayi macan tutul terlihat di kandangnya, Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Kebun binatang ini baru memperkenalkan anak macan tutul yang lahir pada 10 Juni bulan lalu. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Bayi macan tutul terlihat di kandangnya, Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Kebun binatang ini baru memperkenalkan anak macan tutul yang lahir pada 10 Juni bulan lalu. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Petugas memeriksa seekor bayi macan tutul di Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Bayi macan tutul tersebut baru diperkenalkan sebulan setelah kelahiran untuk memastikan perkembangannya. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Petugas memeriksa seekor bayi macan tutul di Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Bayi macan tutul tersebut baru diperkenalkan sebulan setelah kelahiran untuk memastikan perkembangannya. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Bayi macan tutul bersama induknya terlihat di dalam kandang Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Kebun binatang ini baru memperkenalkan anak macan tutul yang lahir pada 10 Juni bulan lalu. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

Bayi macan tutul bersama induknya terlihat di dalam kandang Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark pada 10 Juli 2019. Kebun binatang ini baru memperkenalkan anak macan tutul yang lahir pada 10 Juni bulan lalu. (Photo by Liselotte Sabroe / Ritzau Scanpix / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Salmafina Sunan, 5 Seleb Wanita Ini Juga Putuskan Pindah Keyakinan

Posted: 11 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Salmafina Sunan kembali menjadi perbincangan publik. Putri dari pengacara kondang Sunan Kalijaga tersebut dikabarkan telah pindah keyakinan.

Pasalnya beberapa waktu lalu beredar sebuah foto dan juga video yang memperlihatkan Salmafina Sunan tengah menunduk berdoa dengan kalung salib yang melingkar di lehernya. Selain itu, dalam sebuah video yang beredar di media sosial juga memperlihatkan saat Salmafina Sunan tengah berdoa sambil meneteskan air mata.

Bahkan dalam sebuah wawancara di salah satu stasiun televisi yang dipandu oleh Feni Rose, terlihat pula jika Salmafina Sunan tengah mengenakan sebuah kalung salib. Meskipun tak menyatakan secara langsung mengenai kabar Salmafina Sunan yang telah pindah keyakinan, tentu saja beredarnya kabar tersebut cukup mengejutkan publik dan juga Sunan Kalijaga selaku orang tua dari Salmafina Sunan.

Pasalnya saat mengetahui hal tersebut, Sunan Kalijaga dan sang istri Heidy Sunan tengah merayakan ulang tahun pernikahan ke-21. Bahkan, Sunan Kalijaga pun sempat mengunggah sebuah tulisan pada Instagram Story bahwa ia menerima hadiah ujian cukup berat di hari ulang tahun pernikahannya.

" Alhamdulillah terimakasih ya Allah di hari ulang tahun pernikahan kami ke-21 tahun engkau berikan hadiah ujian yang BERAT namun insya Allah kami menerimanya dengan ikhlas karena Engkau Maha Kuasa lagi Maha Penyayang," tulis Sunan Kalijaga dikutip Liputan6.com dari Dream.co.id pada Jumat (12/7/2019).

Selain Salmafina Sunan, beberapa seleb Tanah Air juga sempat mengejutkan publik terkait dengan putusan untuk pindah keyakinan. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (12/7/2019) berikut ini beberapa seleb wanita yang juga memutuskan untuk pindah keyakinan.

1. Asmirandah

Asmirandah, beberapa tahun belakangan ini memang jarang terlihat di televisi. Meski begitu, paras cantiknya selalu memukau dan ngebosenin. Bahkan, beberapa penampilannya mirip seperti Barbie. (Instagram/asmirandah89)

Aktris cantik istri Asmirandah sendiri juga sempat membuat heboh publik. Pasalnya, beberapa tahun lalu beredar sebuah foto yang memperlihatkan dirinya dan sang suami Jonas Rivanno tengah beribadah di sebuah gereja. Bahkan, setelah dikonfirmasi secara langsung terkait dengan beredarnya foto tersebut di media sosial, Asmirandah pun tak membantah terkait foto tersebut.

Bahkan ia juga mengakui jika dirinyalah yang ada dalam foto tersebut. Meski tak mengatakan secara langsung mengenai status keyakinannya saat itu, Asmirandah menilai jika urusan agama merupakan haknya dan menjadi urusannya dengan Tuhan.

2. Rianti Cartwright

(Instagram/riantic)

Aktris, VJ dan model Rianti Cartwright juga menjadi sorotan publik karena telah berpindah keyakinan dari Islam menjadi Katolik. Meski sempat menjadi sorotan, akan tetapi Rianti tak terlalu memusingkan pendapat orang lain.

Pasalnya, kabar pindahnya keyakinan Rianti sendiri hanya berselang dua minggu sebelum dirinya berangkat ke Amerika Serikat untuk melangsungkan pernikahan pada 17 September 2010 lalu. Meski begitu, ia pun tetap terlihat bahagia menjalani kehidupannya bersama sang suami Cassanova Alfonsi.

3. Marsha Timothy

Marsha Timothy menerima tawaran bermain di film Toko Barang Mantan (Daniel Kampua/Fimela.com)

Istri dari aktor Vino G Bastian juga telah memutuskan untuk pindah keyakinan menjadi seorang muslim pada tahun 2012 silam. Meski banyak kabar yang beredar mengenai keputusannya untuk berpindah keyakinan karena akan menikah, namun Marsha Timothy membantah hal tersebut.

Menurutnya, ia memilih untuk memeluk Islam karena keingannya sendiri. Hal ini juga disampaikan langsung oleh Marsha Timothy seperti yang dikutip Liputan6.com dari Dream.co.id pada Jumat (12/7/2019).

"Aku bukan ikuti keyakinan Vino. Bukan karena siapa-siapa juga. Itu urusan yang sangat pribadi buat saya, karena agama gak bisa dibeli dan dicreate. Ga bisa diadain. Pokoknya sesuatu yang berasal dari hati," ucap Marsha saat menggelar jumpa pers di Pondok Indah Lestari, Jl. Niaga Hijau Raya no.10, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

4. Dewi Sandra

Dewi Sandra (Foto: Instagram)

Penyanyi, model dan juga aktris Dewi Sandra juga memutuskan untuk menjadi seorang mualaf pada tahun 2013 lalu. Menurut wanita kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, 3 April 1980 tersebut, keputusannya untuk pindah keyakinan berasal dari dalam dirinya. Dewi Sandra sendiri juga memutuskan untuk menggunakan hijab sejak ia pindah keyakinan.

Istri dari Agus Rahman tersebut juga cukup sering mengikuti kegiatan keagamaan bersama teman-teman seleb lainnya. Bahkan, setelah memutuskan untuk memperdalam ilmu agama, image dari Dewi Sandra pun perlahan mulai berubah menjadi sosok yang lebih islami.

5. Natalie Sarah

(Instagram/natalie_sarahs)

Aktris Natalie Sarah juga memutuskan untuk pindah keyakinan pada tahun 2001 silam. Namun tentu saja keputusannya untuk pindah keyakinan tidaklah mudah.

Bahkan keputusannya untuk memeluk Islam juga sempat ditentang oleh pihak keluarga. Natalie Sarah sendiri mengaku mendapatkan hidayah lewat mimpi. Di mana dalam mimpinya tersebut, ia diminta untuk membaca surat Al-Fatihah saat sedang sakit.

Karena hal itulah, hatinya pun mulai bergetar dan memutuskan untuk pindah keyakinan menjadi seorang muslim. Bahkan, saat ini penampilan Natalie Sarah pun cukup berbeda, ia juga memutuskan untuk mengenakan hijab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMKM Binaan BI Tembus Pasar Global, Jokowi Senang

Posted: 11 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini secara resmi membuka Pameran Kain dan Kerajinan Karya UMKM Bank Indonesia (BI) yakni Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta Convention Centre, Jumat (12/7/2019).

Adapun KKI 2019 ini mengusung tema Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital.

Usai membuka acara tersebut, Jokowi melakukan kunjungan ke booth pameran UMKM dengan ditemani sang istri, Iriana Jokowi. Jokowi juga didampingi oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

"Saya melihat produk-produk UKM yang didampingi, dikawal, dibina oleh BI, ini saya melihat ada lompatan dari sisi kualitas. Baik kualitas kemasan packaging maupun brandnya," kata Jokowi di JCC, Jumat (12/7/2019).

Selain itu, dia menilai produk UMKM tersebut semakin baik dari segi desain. "Saya lihat bagus kemudian desain, sangat drastis sekali," ujarnya.

 

Go Digital

Pengunjung memilih pakaian di Naung Songket yang merupakan binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) pada pameran kerajinan INACRAFT 2019 di Jakarta. Sebanyak 8 UKM binaan YDBA telah mengikuti technical meeting serta pelatihan marketing sebagai bekal dalam mengikuti pameran. (Liputan6.com/HO/Eko)

Jokowi juga mengapresiasi para pelaku UMKM yang sudah go digital dan berhasil menembus pasar internasional melalui marketplace.

"Bukan hanya marketplace di Indonesia tapi dikoneksikan ke marketplace global. Saya kira cara - cara yang dilakukan oleh BI ini sangat bagus, diseleksi saya lihat ada seleksi, ada yang mengkuratori dikuratori," ujarnya.

Cara tersebut, menurutnya dapat mendongkrak nilai jual produk UMKM lokal di pasaran. Terutama untuk kelas premium.

"Memang prosesnya seperti itu sehingga ketemu yang premium produk-produk yang kualitasnya tinggi yang dijual harga berapapun orang akan senang," tutupnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Liputan6.com

898 UMKM Binaan BI

Berdiri sejak 2017, UKM Hijau Daun Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jual beli tanaman hias terutama kokedama, aksesori tanaman hias, seperti pot semen, standing pot, pot keramik, dan pot teracota.(Foto: Instagram Hijau Daun Indonesia)

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, selain pembinaan UMKM, BI juga melakukan business matching UMKM dengan memberikan pembiayaan melalui kalangan perbankan untuk mengembangkan bisnis mereka.

"Kita punya 898 binaan umkm dari 46 kantor-kantor di BI. Dari 898 itu sudah 173 dikasih pembiayaan dari perbankan. Terima kasih kawan-kawan perbankan baik himbara dan swasta. Sudah 91 umkm ekspor Ibu Iriana. Itu Rp 1.4 Triliun selama 1 tahun terakhir," ujarnya.

Perry menjelaskan, selain unggul di pasar domestik, para UMKM juga dikenalkan untuk pasar ekspor dan disalurkan melalui platform-platform e-commerce.

"Umkm kita sudah go digital juga. Sudah kami sambungkan platform-platform e-commerce. Ada lebih 355 UMKM dan terakhir nilainya sudah lebih Rp32 miliar yang disambungkan ke go digital. Jadi umkm kita bisa go ekspor dan go digital. Perlu kita buat apreasiasi kepada mereka," terangnya.

"Kalau nggak ada jadwal penting, cancel saja, 3 hari kedepan kesini saja. Cukup bawa debit, gesek. Harganya harga pengrajin, kulinernya maknyus semua," tambah dia.

Adapun KKI 2019 ini berlangsung 3 hari lamanya dimulai dari hari ini dengan menampilkan produk-produk UMKM RI mulai dari kain, pakaian, tas, hingga berbagai kuliner seperti kopi buatan anak negeri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai AI dan Machine Learning, Google Mampu Prediksi Bencana Banjir

Posted: 11 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Google baru saja menggelar acara bertajuk "Solve with AI" di Tokyo, Jepang, tentang kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) dan machine learning.

Dalam acara tersebut, Google mengungkap bagaimana AI dan machine learning mereka mampu memecahkan masalah di lingkungan hidup, sosial, kesehatan hingga pencegahan bencana banjir.

Dari sekian topik yang dibahas dalam acara Google Solve with AI, paparan tentang bagaimana AI dan machine learing digunakan untuk memprediksi bencana banjir jadi perhatian.

Seperti yang diungkap oleh Sella Nevo, Software Engineering Manager, Google AI, project pilot yang dilakukan di Patna, India, ini mampu memprediksi dan menginformasikan bakal ada banjir datang via notifikasi Google alerts.

Apa yang mendasari raksasa mesin pencari itu mengembangkan AI untuk memprediksi banjir lewat kecerdasan buatan milik mereka?

"Google sudah lama berkecimpung dalam respon darurat dengan mengirimkan alerts atau notifikasi ke pengguna Android saat bencana terjadi. Namun kala itu, perusahaan tidak memiliki peringatan dalam hal banjir," ucap Sella.

"Kita tidak bisa memprediksi banjir saat itu karena tidak memiliki seluruh informasi yang dibutuhkan. Berbekal informasi data yang dikumpulkan saat ini, kami dapat menyebarkan alerts lebih akurat," kata Sella.

 

Tantangan yang Harus Google Hadapi

Sella Nevo, Software Engineering Manager, Google AI. (Doc: Google)

Untuk menghasilkan data akurat tersebut, Sella dan timnya harus menghadapi berbagai macam tantangan.

Tantangan yang pertama harus dihadapi adalah bagaimana caranya mendapatkan gambar topografi perrmukaan bumi yang berkualitas tinggi.

"Saat mengerjakan pertama kali, kami hanya memiliki gambar peta beresolusi rendah. Karenanya, AI tidak dapat mengetahui topografi sebuah kawasan yang sering dilanda banjir sebenarnya."

Tantangan kedua dalam pengumpulan data adalah bentuk bumi yang berubah-ubah.

"Mungkin dulu hanya sebatas aliran sungai kecil, tapi beberapa waktu kemudian berubah menjadi lebih dalam dan lebar," katanya.

Tak hanya itu, untuk membuat topografi yang lebih detail dan berubah-ubah butuh biaya yang tidak murah.

"Karena itu, kami mengandalkan Stereographic Imagery. Dengan ini, satelit akan merekam gambar permukaan yang sama dari dua satelit yang berbeda sehingga dapat diketahui ketinggian serta muka bumi yang berubah."

"Berkat data-data tersebut, AI pun dapat mendeteksi bilamana arus sungai sedang deras, daerah mana yang bakal banjir, dan di mana lokasi teraman bagi warga untuk mengungsi," ucap Sella.

Sella berharap, di masa mendatang Google Flood Forecasting Initiative bakal mampu memprediksi bencana banjir lebih akurat, dan bisa digunakan secara global. 

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Usai Bercerai, MacKenzie Bezos Jadi Novelis Paling Kaya di Dunia

Posted: 11 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengingat profesi MacKenzie Bezos sebagai novelis, ia menjadi novelis terkaya di dunia. Ini terjadi usai dirinya mendapat harta gono gini sebesar Rp 536,4 Triliun dari perceraiannya dengan Jeff Bezos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Resmi Tahan Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua

Posted: 11 Jul 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua pun resmi ditahan mulai hari ini, Jumat (12/7/2019).

Hal itu disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono. Ketiganya akan menjalani masa tahanan di Rutan Polda hingga 20 hari ke depan.

"Jadi setelah selesai dilakukan pemeriksaan, kemudian penyidik membuat surat perintah penahanan," ucap Kombes Pol, Argo Yuwono di kantornya, Jumat (12/7/2019) siang.

"Jadi mulai hari ini penyidik resmi mengeluarkan surat perintah penahanan untuk ketiga tersangka (Rey Utami, Pablo Benua dan Galih Ginanjar)," ia menyambung pernyataan.

Diperiksa 10 Jam

Rey Utami dan Pablo Putera Benua [foto: instagram.com/reyutami]

Sebelumnya ketiga tersangka, Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua telah menjalani proses pemeriksaan selama lebih dari 10 jam.

"Tadi malam penyidik dari Krimsus dari cyber telah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Rey tersangka Pablo dan tersangka Galih. Jadi pemeriksaan sudah dilakukan hingga tadi malam sampai jam 2 pagi," ungkap Kombes Argo Yuwono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temui Jaksa Agung Baiq Nuril Minta Penangguhan Eksekusi MA

Posted: 11 Jul 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka mengatakan ada 132 permohonan penangguhan eksekusi Baiq Nuril oleh Kejaksaan Agung RI.

"Dari DPRD provinsi dua permohonan, DPRD kota tiga, DPRD kabupaten 14, lembaga 36, dan perorangan 76," kata Rieke saat mendampingi Baiq Nuril untuk bertemu Jaksa Agung HM Prasetyo, di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Rieke mengaku, dalam pertemuan itu, dirinya akan meminta Kejaksaan Agung bisa menangguhkan eksekusi putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak gugatan Peninjauan Kembali (PK) dari Baiq Nuril.

Menurut Rieke, masalah hukum yang dialami Baiq Nuril merupakan masalah besar, dan dirinya akan berjuang agar tidak ada eksekusi terhadap Baiq Nuril.

Sebelumnya, Baiq Nuril mengajukan peninjauan kembali ke Mahkamah Agung atas perkara pelanggaran UU ITE terkait penyebaran rekaman berisi pembicaraan asusila secara elektronik yang menimpa dirinya, dan MA melalui putusannya menolak permohonan peninjauan kembali (PK) Baiq Nuril.

Kini upaya Baiq Nuril, selain penangguhan eksekusi, juga berupaya meminta pertimbangan presiden agar memberikan amnesti terhadap pidana yang menjerat dirinya.

 

 

Respons Cepat Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/4). Sidang membahas ketersediaan anggaran dan pagu indikatif serta prioritas nasional tahun 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly telah memberikan rekomendasi pemberian amnesti Baiq Nuril ke Presiden Jokowi. Jokowi pun berjanji memprosesnya begitu surat rekomendasi tersebut sampai di meja kerjanya.

"Begitu sampai ke saya, saya selesaikan," ujar Jokowi di Taman Nasional Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (10/7/2019).

Sebelumnya, Yasonna menuturkan, pemberian amnesti merupakan salah satu solusi untuk Baiq Nuril agar terbebas dari hukuman.

Oleh karena itu, Kemenkumham menyusun argumentasi yuridis dengan melibatkan ahli hukum pindana, ahli ITE, Ditjen AHU, Direktorat Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan untuk Baiq Nuril.

"Supaya rapi, argumentasi yuridisnya kita mau siapkan dengan baik, karena ini kita menerapkan hukum progresif. Jadi kita lakukan ini dengan baik," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Cantiknya Sania Velova, Pesinetron Adik Barbie Kumalasari

Posted: 11 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai artis yang sedang viral karena kasus 'ikan asin', kini Barbie Kumalasari harus menghadapi bahwa suaminya Galih Ginanjar kini ditetapkan sebagai tersangka dan telah dijemput polisi, Kamis (11/7/2019). Selepas Galih ditetapkan sebagai tersangka, terdengar kabar bahwa Barbie Kumalasari ingin berdamai dengan pihak Fairuz A Rafiq.

Mantan pesinetron Barbie Kumalasari ternyata memiliki adik perempuan yang mengikutinya jejaknya dalam dunia hiburan. Adik dari Barbie Kumalasari ini bernama Sania Velova, yang kini selalu sibuk syuting sinetron di salah satu stasiun televisi swasta. Selain sibuk bermain sinetron, ibu dua anak ini juga kerap bernyanyi secara off air di panggung.

Sania sendiri bila bermain sinetron sering memerankan tokoh antagonis. Dan sekarang dirinya sedang berduet sebagai ibu dan anak dalam sinetronnya bersama Leily Sagita, artis senior yang terkenal dengan peran antagonisnya.

Penasaran bagaimana potret Sania Velova adik Barbie Kumalasari? Berikut potret Sania Velova yang Liputan6.com rangkum dari Instagram @saniavelova, Jumat (12/7/2019).

Potret Sania Velova dan Barbie Kumalasari setelah makan bersama keluarga

Sania Velova dan Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/saniavelova)

Sania Velova adalah anak kedua dari tiga bersaudara dan masih memiliki adik

Sania Velova (Sumber: Instagram/saniavelova)

Meski santer tentang pemberitaan kakaknya Barbie Kumalasari, Sania tidak berkomentar

Sania Velova (Sumber: Instagram/saniavelova)

Diketahui bahwa Sania telah memiliki dua orang putra

Sania Velova (Sumber: Instagram/saniavelova)

Sania mengikuti jejak sang kakak yang dahulunya sebagai pesinetron

Sania Velova (Sumber: Instagram/saniavelova)

Hari-hari Sania lebih banyak di lokasi syuting, terlihat dari unggahan Instagramnya yang sering di lokasi

Sania Velova (Sumber: Instagram/saniavelova)

Dahulu Sania pernah berselisih dengan ibunya, karena sang ibu merasa ditelantarkan

Sania Velova (Sumber: Instagram/saniavelova)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija vs Persib: Kerusakan Fasilitas SUGBK Lebih Parah dari Dugaan

Posted: 11 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - Beberapa pagar pembatas antara tribune dan lapangan Stadion Utama Gelora Bung Kanor (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019), rubuh. Insiden itu terjadi saat Persija menjamu Persib Bandung pada pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar.

Rubuhnya pagar pembatas tersebut diduga karena tidak kuat menahan euforia pendukung Persija, The Jakmania, saat merayakan gol Marko Simic di menit ke-75. Pertandingan berkesudahan 1-1.

Rekor jumlah penonton di Liga 1 tercipta dalam duel akbar tersebut. Total, 70.136 pasang mata memadati stadion untuk menonton laga penuh gengsi dengan balutan harga diri itu.

Chief Executive Officer Persija Ferry Paulus bersama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) telah mengamati kerusakan yang terjadi. Nyatanya, selain pembatas tribun yang rubuh, sejumlah kursi penonton juga lepas dari tempat asalnya.

"Kami sudah inspeksi dengan PPKGBK dan tim kami. Ternyata bukan hanya pagar saja, ada juga bangku yang lepas" kata Ferry Paulus kepada wartawan di Bogor, Kamis (11/7/2019).

 

Bertanggung Jawab

Penampakan pagar pembatas tribun penonton yang rusak saat pertandingan Shoppe Liga 1 antara Persija dengan Persib di SUGBK, Jakarta,  Rabu (10/7/2019). Suporter sepak bola merusak sejumlah pagar pembatas usai berakhirnya laga Persija kontra Persib. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nantinya, kerusakan beberapa fasilitas menjadi tanggung jawab Persija secara penuh. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu akan menggantinya dengan mengambil dana jaminan yang disetor berbarengan dengan uang sewa.

Sekali memakai stadion, Persija membayar Rp 450 juta dan Rp 1 miliar sebagai uang jaminan. Nominal uang jaminan turun dari semula Rp1,5 miliar.

"Uang jaminan sekarang turun menjadi Rp1 miliar. Tapi, kami belum tahu total nilai kerugiannya berapa," kata Ferry Paulus.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Boikot hingga Kembalinya Lulu Tobing, Ini 6 Kisah di Balik Film Dua Garis Biru

Posted: 11 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film Dua Garis Biru, baru saja dirilis di bioskop Tanah Air, Kamis (11/7/2019) kemarin. Film ini dibintangi Zara JKT48 dan Angga Aldi Yunanda juga aktor kenamaan lain seperti Dwi Sasono, Cut Mini, hingga Lulu Tobing.

Dua Garis Biru mengisahkan sepasang remaja, yakni Dara yang diperankan oleh Zara JKT48 dan Bima yang diperankan oleh Angga Yunanda. Keduanya terlibat hubungan di luar nikah yang menyebabkan Dara hamil.

Sejumlah risiko pun harus dihadapi Dara dan Bima, mulai dari dikeluarkan dari sekolah hingga terpaksa harus berkeluarga.

Tak hanya plot cerita, ternyata ada sejumlah cerita menarik di balik layar film Dua Garis Biru. Apa saja? Berikut enam di antaranya, seperti diwartakan Brilio.net: 

 

1. Sempat Diboikot

Adegan dalam film Dua Garis Biru. (Starvision Plus)

Tak lama usai trailer film Dua Garis Biru dirilis, film tersebut mendapat ancaman berupa pemboikotan di internet. Ajakan boikot itu muncul di salah satu platform petisi online. Petisi itu didukung oleh ratusan orang.

Film Dua Garis Biru dianggap dapat menjerumuskan anak muda untuk melakukan hubungan pacaran di luar batas. Meski sempat mendapatkan ancaman boikot, rumah produksi Starvision tetap memutuskan untuk menayangkan film sesuai dengan rencana awal.

2. Penggantian nama pada tokoh utama.

Tokoh utama dalam film Dua Garis Biru, Dara dan Bima pada awalnya bernama Keke dan Aran. Menurut sang sutradara, yang merangkap penulis naskah, Gina S. Noer, perubahan nama tersebut diganti agar ada makna filosofi tersendiri. Bima dalam dunia pewayangan mempunyai fisik kuat tapi lembut hatinya. Sedangkan Dara terinpirasi dari lagu 'Dara Muda'.

3. Dwi Sasono Ingin Pukul Angga

Adegan dalam film Dua Garis Biru. (Starvision Plus)

Ada peristiwa menarik saat Dwi Sasono membaca naskah Dua Garis Biru. Ia seketika teringat anak perempuannya, Widuri saat melihat sosok Zara JKT48. Tak heran, akting Dwi Sasono dalam trailer begitu terlihat menjiwai peran sebagai sosok ayah.

"Itu sebabnya saat syuting di UKS sekolah, tangis saya pecah. Saat itu pengin rasanya memukuli Angga Yunanda. Saya sudah menganggap Zara seperti anak sendiri," ujar Dwi Sasono.

4. Lulu Tobing main film lagi.

Hadirnya aktris Lulu Tobing dalam film Dua Garis Biru cukup mencuri perhatian. Seperti diketahui, ia telah vakum dari dunia perfilman selama tujuh tahun. Lulu mengaku awalnya sempat canggung ketika kembali berhadapan dengan kamera. Dalam film tersebut, Lulu Tobing berperan sebagai Rika, ibu dari Dara yang diperankan oleh Zara JKT48.

 

5. Kedekatan Zara dan Angga

Momen Kedekatan Zara JKT 48 dan Angga Yunanda yang Bikin Baper (sumber: Instagram/duagarisbirufilm)

Pasangan Dara dan Bima yang diperankan oleh Zara JKT48 dan Angga Alfi Yunanda juga tak kalah mencuri perhatian. Selama proses syuting hingga promosi film, keduanya sering mengunggah momen bersama di Instagram.

Menariknya, banyak warganet yang menilai mereka sebagai pasangan yang serasi. Malah tak sedikit dari warganet yang mendoakan agar keduanya benar-benar berjodoh.

6. Debut sutradara Gina S. Noer.

Film Dua Garis Biru merupakan film debut bagi Gina S. Noer sebagai sutradara. Produser film, Chand Parwez Servia memang dikenal piawai dalam mengorbitkan sutradara baru. Sebelumnya, ia memercayai Raditya Dika dan Ernest Prakasa sebagai sutradara. Belum lama ini, ia juga mengorbitkan Bene Dion Rajagukguk sebagai sutradara dalam film Ghost Writer.

Menariknya, naskah Dua Garis Biru ternyata dipersiapkan sejak delapan tahun yang lalu. Selama itu, Parwez sering menanyakan kepada Gina mengenai keberlanjutan naskah film yang telah dipercayakan kepadanya itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produksi Minyak RI Akan Bertambah 11.500 Bph

Posted: 11 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, produksi minyak Indonesia akan bertambah sebesar 11.500 barel per hari (bph) seiring dengan beroperasinya lapangan minyak baru pada semester ke dua 2019.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, pada semester dua 2019 akan mulai pengoperasian empat lapangan minyak yaitu YY di Blok Offshore North West Java (ONWJ), Panen di Blok Jabung, dan Kedung Keris di Blok Cepu. 

‎"Ini yang akan memberikan tambahan produksi minyak secara total sekitar 10.000 bph, mulai Kuartal IV 2019," kata Agung, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Tambahan prodiksi Minyak juga berasal dari Blok Merangin II, dengan produksi sekitar 1.500 bph dari produksi yang sudha beroperasi pada awal 2019.

Sedangkan untuk realisasi produksi minyak siap jual (lifting minyak) sampai semester pertama 2019 sebesar 752 ribu bph atau 97 persen dari target(Anggaran Pendapatan Belanja Negara/APBN).

Dia mengakui realisasi lifting masih belum mencapai target mengingat kemampuan cadangannya, namun  capaian ini telah didorong upaya optimalisasi serta pengembangan baru melalui pengeboran sumur baru, pengoperasian proyek baru, dan pemeliharaan yang optimal. 

"Khusus untuk minyak, decline rate-nya bahkan dapat diminimalkan hingga 3 persen. Ini prestasi mengingat secara umum, decline rate alamiah rata-rata pada kisaran 15-20 persen untuk mayoritas lapangan mature di Indonesia," tandasnya.

 

5 Penghasil Minyak Terbesar

Di tengah kebutuhan energi nasional yang terus meningkat, menemukan minyak dan gas bumi (migas) menjadi semakin sulit

Adapun 5 produsen migas atau Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS)  Terbesar, penyumbang 75 persen lifting minyak nasional selama semester pertama 2019 sebagai berikut:

1. Chevron Pacific Indonesia 194 ribu bph

2. Exxon Mobile Cepu Limited MCL 220 ribu bph

3. Pertamina EP 80 ribu bph

4. Pertamina Hulu Mahakam (PHM) 37 ribu bph

5. PHE OSES  29 ribu bph

Realisasi Lifting Migas Capai 1,8 Juta Boepd di Semester I 2019

Petugas lapangan memantau Area Tanki LPG (Spherical Tank) di kawasan kilang RU V Balikpapan, Kalimantan, Kamis (14/05). Kilang RU V merupakan kilang pengolahan minyak Pertamina terbesar ke-2 di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Realisasi lifting minyak dan gas (migas) hingga Juni 2019 mencapai 89 persen dari target Anggaran Pendapatandan Belanja Negara (APBN) sebesar 2 juta bopd. Total lifting migas sebesar 1,8 juta barel setara minyak per hari (boepd) dengan rincian lifting minyak 752 ribu barel per hari (bopd) dan liftinggas 1,06 juta boepd.

Target lifting migas 2019 diproyeksikan tercapai di semester II 2019. Ini mengingat 8 dari 11 proyek akan onstream di semester II 2019.

"Di tengah perkembangan dunia yang sangat pesat serta kebutuhan atas energi minyak dan gasyang semakin meningkat, penggunaan teknologi dalam usaha hulu merupakan sebuah keharusan dimana kerumitan area operasi dan eksplorasi juga semakin menantang," ungkap Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto dalam pembukaan Forum Fasilitas Produksi Migas (FFPM) 2019 dalam keterangan tertulisd di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

FFPM merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Minyakdan Gas Bumi bersama SKK Migas. Mengangkat tema Inovasi dan Transformasi FasilitasProduksi Migas Menyongsong Era Industri 4.0.

Dwi mengatakan industri hulu migas membutuhkan sebuah transformasi dan diversifikasi usaha. Bukan hanya sekedar mencari danmemproduksikan migas saja, namun harus memperhatikan hal-hal yang menjadi kebutuhandari pasar energi, tuntutan terhadap penggunaan energi yang lebih bersih, dan lain sebagainya.

"Salah satu transformasi dalam kegiatan operasi hulu migas yang akan diaplikasikan pada tahunini adalah Integrated Operation Center (IOC). IOC merupakan sebuah sistem integrasi data yangmencakup beberapa aplikasi/layanan pengelolaan kinerja operasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama," kata dia.

Layanan dan aplikasi yang tergabung di dalam IOC, lanjut dia, antara lain Integrated Operation System (SOT) for Production Dashboard, Oil and Gas Lifting Dashboard, Stock ManagementDashboard, Plant Information Management System (PIMS), Facility Maintenance Monitoringand Project Monitoring, Vessel Tracking Information System (VTIS), Real Time DrillingOperation, dan Emergency Response Center (ERC).

Salah satu manfaat IOC adalah optimalisasi perencanaan pemeliharaan fasilitas karena terbukanya data secara terintegrasi. Dengan optimasi perencanaan di awal tahun kegiatan operasi pemeliharaan fasilitas, berpotensi mengefisiensi anggaran pemeliharaan fasilitassebesar USD 84 juta di 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Indosiar Semen Padang vs Arema Exclusive di Vidio

Posted: 11 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Semen Padang akan menjamu Arema FC di Stadion H Agus Saling dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Pertandingan ini bakal disiarkan langsung oleh Indosiar.

Laga melawan Arema akan menjadi ujian pertama Weliansyah di ajang Shopee Liga 1 2019 sebagai pelatih Semen Padang. Dia menggantikan tugas Syafrianto Rusli yang memilih mundur.

Tim berjulukan Kabau Sirah itu ditinggal Syafrianto Rusli setelah menjalani enam pertandingan tanpa kemenangan. Bahkan, tiga kali bermain di kandang sendiri mereka hanya memetik satu poin.

Hal inilah yang bakal dimanfaatkan oleh Arema FC yang sedang on fire menyusul kemenangan atas Persipura Jayapura pada pekan lalu.

Arema FC punya semangat lebih tinggi untuk laga tersebut. Mereka tengah memburu poin perdana di kandang lawan. Dalam dua tandang sebelumnya, Hamka Hamzah dkk. selalu pulang dengan tangan kosong, yakni di kandang PSS Sleman dan Borneo FC.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan exclusive live streaming Semen Padang vs Arema FC dan laga-laga Shopee Liga 1 lainnya di Vidio Premier dengan berlangganan Rp 15 ribu per bulan di link berikut ini....

 

Prediksi Susunan Pemain

Semen Padang (4-2-3-1): Teja Paku Alam (kiper); Syaiful Indra, Pulatov, Agung Prasetyo, M. Rifki (belakang); Fridolin Yoku, Manda Cingi; Dedi Hartono, Jose Sardon, Irsyad Maulana (tengah); Marx Barthelemy (depan).

Pelatih: Weliansyah

Arema FC (4-2-3-1): Utam Rusdiana (kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi; Dendi Santoso, Makan Konate, Dedik Setiawan (tengah); Sylvano Comvalius (depan).

Pelatih: Milomir Seslija.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Transportasi Online Asal Surabaya Ini Bakal Kurangi Macet

Posted: 11 Jul 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Di Surabaya, Jawa Timur ada aplikasi transportasi online yang menguntungkan pengemudi dan penumpang. Ini karena pengemudi diberi kebebasan untuk memasang tarif berdasarkan jarak tempuh dan kondisi kendaraan yang dimiliki. Di sisi penumpang diberikan pilihan hingga lima variasi harga dan jenis kendaraan yang berbeda.

Aplikasi transportasi online itu bernama Bistar. Aplikasi ini memiliki tagline "Semua Bisa Saling Mengantar" ini memberi peluang kepada siapapun untuk saling memberikan tumpangan yaitu ketika driver dapat menentukan tarifnya sendiri.

"Aturan mainnya di BISTAR, yang mengantarkan ini berhak memberikan harga sendiri karena BISTAR bukan perusahaan taksi, bukan perusahaan angkutan online. Kami hanya mempertemukan saja,"  ujar Founder Aplikasi Bistar, Miftahul Amin, seperti dikutip dari suarasurabaya.net, ditulis Jumat (12/7/2019).

Supaya penumpang dan pengemudi dapat mengetahui tarif normal dalam suatu perjalanan,  pihak BISTAR akan menerapkan tarif standar sehingga penumpang dapat memilih tawaran dari pengemudi, apakah harga yang ditawarkan terlalu mahal atau terlalu rendah. Sedangkan dari sisi pengemudi, tarif standar yang tidak dijadikan patokan ini juga dapat diuntungkan.

Hal ini karena mereka dapat menawarkan harga lebih tinggi atau lebih rendah, menyesuaikan kondisi serta jenis kendaraan yang dimiliki. Penumpang pun juga diberi kebebasan untuk menilai, tawaran mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, pengguna jasa dapat berperan sebagai penumpang atau driverdengan hanya memasang mode yang diinginkan, mode driver atau penumpang.

"Nanti penumpang diberi pilihan maksimal 5 driver. Tinggal pilih salah satu. Kenapa harganya berbeda, ya karena mobilnya berbeda-beda. Ada yang tahun keluarannya lebih muda bisa memberikan harga sendiri. Yang pasti BISTAR memiliki harga standar yang hampir sama dengan ojek lain," ujar Miftahul Amin.

Dia menuturkan, aplikasi ini sangat potensial di masa depan karena mobilitas masyarakat cukup tinggi dan dengan sistem berbagi tumpangan ini. Pengguna aplikasi juga sekaligus dapat berperan untuk ikut mengurangi kemacetan di kota-kota besar seperti Surabaya ini, karena mereka dapat memberi tumpangan pengguna lain dengan rute searah.

 

 

 

Buka Peluang Investasi

Ilustrasi aplikasi (Sumber: Pixabay)

Aplikasi transportasi online baru asal Surabaya, Jawa Timur, Bistar akan mengadakan investor gathering untuk membuka peluang kepada masyarakat yang ingin berinvestasi di bidang transportasi online.

Dengan kegiatan ini, masyarakat dapat mengetahui peluang bisnis sekaligus mendengarkan visi misi serta menanamkan di aplikasi Bistar.

"Mari kita bersama-sama mendengarkan visi misi Bistar agar masyarakat ikut menikmati bisnis di aplikasi ini. Saya yakin, aplikasi ini akan berguna untuk kurangi kemacetan di Indonesia khususnya di Surabaya," tutur Mifthaful.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wuling Indonesia Ekspor Almaz dengan Label Chevrolet

Posted: 11 Jul 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki komitmen jangka panjang di Indonesia, Wuling Motors membuktikannya dengan mendirikan pabrik perakitan sendiri di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Kapasitas produksi yang dimiliki cukup besar.

Tidak hanya fokus pada pasar Indonesia, pabrikan otomotif asal Cina tersebutj uga akan melakukan ekspor. Model pertama yang akan dikirim ialah Wuling Almaz, yang merupakan sport utility vehicle (SUV) pertama Wuling di Indonesia.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Cindy Cai, Vice President Wuling Motors di Ancol, Jakarta Utara.

"Kami sedang melakukan persiapan dengan sangat matang dan akan start melakukan ekspor pada kuartal empat tahun ini," kata Cindy Cai, Kamis (11/7/2019).

Akan menggunakan merek Chevrolet, ekspor akan dilakukan Wuling Motors merupakan Almaz versi 5 penumpang dan 7 penumpang.

Menggunakan Merek Chevrolet

"Kami akan pakai merek Chevrolet, kami ekspor ke Thailand. Tersedia dalan pilihan lima dan tujuh seat," ujar Cindy Cai.

Saat disinggung kuota pengiriman Wuling Almaz ke Thailand, Cindy Cai enggan mengungkapkannya secara detail.

Meski demikian, Ia menegaskan akan mengirim ratusan mobil di fase pertama.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah 10 Tahun di Bogor Tewas Ditikam Kakak Kandung Saat Tidur

Posted: 11 Jul 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah laki-laki di Bogor, Jawa Barat tewas di tangan kakak kandungnya, Nasrudin (29). Korban MR (10) tewas setelah ditikam menggunakan gunting di bagian dada dan perut saat tidur.

Peristiwa pembunuhan terjadi di rumahnya di Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada Kamis 11 Juli 2019 sekitar pukul 21.30 WIB.

Kejadian mengenaskan itu bermula saat MR sedang terlelap di samping kakaknya di ruang tamu. Sementara ibunya tidur di kamar.

Secara tiba-tiba, pelaku yang sedang membuat alas kaki menusukkan gunting ke arah dada dan perut sebelah kiri.

"Pelaku memang sedang kerja membuat tatakan sendal, tiba-tiba menusuk adiknya," kata kakak pertama korban, Hasanudin, Jumat (12/7/2019).

Mengetahui kejadiaan tersebut, Hasanuddin yang tinggal di sampingnya rumah orang tuanya berteriak sehingga mengundang perhatian tetangga dan keluarga.

"Saya denger korban juga sempet nangis sambil teriak-teriak," kata Hasanuddin.

Hasanuddin kemudian menghampiri adiknya. Namun pada saat hendak masuk, pintu rumah terkunci sehingga harus didobrak.

"Setelah berhasil didobrak, saya lihat tubuh adik saya yang bungsu sudah berlumuran darah," ucapnya.

Hasanudin dan warga setempat kemudian membawa korban ke Rumah Sakit Ummi Kota Bogor. Namun nyawa korban tak tertolong.

 

Dalami Motif

ilustrasi penangkapan

Kapolsek Bogor Selatan Kompol Indrat Riyani mengatakan, setelah menerima laporan warga, pihak kepolisian langsung mengamankan pelaku berikut barang bukti berupa gunting di rumahnya.

"Pelaku masih dalam pemeriksaan di Mapolsek Bogor Selatan," ujar Indrat.

Keterangan sementara, aksi pembunuhan terjadi saat adik kandungnya sedang tidur di ruang tamu. Tanpa alasan yang jelas, pelaku membunuh adiknya dengan cara menusuk dua kali menggunakan gunting.

"Motifnya masih kita dalami. Tapi hasil keterangan sementara pelaku membunuh tanpa sebab," ujar Indrat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Raline Shah Hadiri Premier Film The Lion King di Amerika Serikat

Posted: 11 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para pecinta film Disney pasti sudah menunggu-nunggu film CGI remake dari animasi The Lion King. Film The Lion King ini akan tayang di Indonesia mulai 17 Juli nanti. Namun world premier film The Lion King ini telah di gelar di Dolby Theatre, Hollywood & Highland, California, pada Selasa, 9 Juli 2019.

Pada pagelaran acara spesial tersebut ternyata terlihat seorang aktris cantik Indonesia yang berkesempatan hadir di acara tersebut. Raline Shah diketahui menjadi tamu spesial dalam world premiere film Lion King pada 9 Juli 2019 lalu. Dalam acara tersebut juga dihadiri para bintang film dunia, mulai dari Beyonce, Donald Glover, Seth Rogen, Chiwetel Ejiofor, dan lainnya.

Hal ini diketahui publik dari unggahan aktris 34 tahun ini di media sosialnya. Dalam unggah tersebut Raline Shah mengungkapkan rasa cintanya kepada film The Lion King sejak ia kecil. Bahkan Raline juga mengungkapkan bahwa film tersebut telah banyak memberikan inspirasi dan motivasi untuknya.

Berikut 6 potret pesona Raline Shah saat hadiri world premier film The Lion King yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/7/2019).

1. Tak hanya menginjakkan kaki di red carpet atau karpet merah world premier film, ia juga berfoto dengan sutradara Jon Favreau itu di Dolby Theatre, Hollywood & Highland, California.

Raline Shah Saat Hadiri World Premier Film The Lion King di Amerika (sumber: instagram/@ralineshah)

2. Tak berhenti di situ, Raline berjumpa dan bahkan sempat berfoto bersama sutradara The Lion King versi animasi yang dirilis pada 1994, Rob Minkoff.

Raline Shah Saat Hadiri World Premier Film The Lion King di Amerika (sumber: instagram/@ralineshah)

3. Raline Shah tampak anggun mengenakan long coat kuning tanpa lengan. Raline juga terlihat berpose di depan sebuah back drop film The Lion King dan beberapa paparazi memotretnya.

Raline Shah Saat Hadiri World Premier Film The Lion King di Amerika (sumber: instagram/@ralineshah)

4. Raline mengungkapkan kebahagiaannya dan bercerita dalam bahasa Inggris di videonya bahwa menonton film The Lion King lebih awal membuatnya senang.

Raline Shah Saat Hadiri World Premier Film The Lion King di Amerika (sumber: instagram/@ralineshah)

5. Film The Lion King tersebut merupakan salah satu film yang menyimpan kenangan bagi Raline sejak ia kecil.

Raline Shah Saat Hadiri World Premier Film The Lion King di Amerika (sumber: instagram/@ralineshah)

6. Tokoh Simba lah yang menjadi inspirasi Raline Shah selama ini.

Raline Shah di Premiere The Lion King di Hollywood (FOTO: Istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun Kesadaran Bahaya Rabies, Kementan Bagikan Vaksin Gratis

Posted: 11 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) memberikan 2.000 dosis vaksinasi rabies gratis kepada hewan penular rabies/HPR, Anjing, di Kabupaten Garut. Tujuan pemberian vaksinasi gratis ini untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa rabies dapat dicegah penyebarannya antar daerah dan antar pulau serta dapat dicegah penularannya secara signifikan melalui penerapan vaksinasi yang disiplin dan berkelanjutan di daerah asal.

"Salah satu kebijakan karantina hewan yang harus kami lakukan adalah mempertahankan status bebas dari penyakit pada suatu area. Dan untuk rabies, vaksinasi merupakan hal yang penting dilakukan dalam mencegah penyebaran dan penularannya," ujar Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, saat memberikan sambutan kegiatan vaksinasi rabies gratis di SOR Ciateul, Garut, Kamis (11/7).

Jamil menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian telah mengeluarkan 13 Kepmentan (Keputusan Menteri Pertanian) yang menetapkan daerah bebas rabies. Dan berdasarkan SK Kepala Badan Karantina Pertanian Nomor 87 Tahun 2016 ada pembagian empat Status dan Situasi Rabies di Indonesia.

Pertama, Area Bebas Rabies Tanpa Vaksinasi yaitu Prov. Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Papua Barat, Papua dan NTB. Kedua, Area Bebas Rabies dengan Vaksinasi yaitu Prov. DKI Jakarta, DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Ketiga, Area Tertular Rabies yaitu seluruh provinsi di Pulau Sumatera, seluruh provinsi di Pulau Sulawesi dan Maluku, seluruh provinsi di Pulau Kalimantan, Prov. Jawa Barat dan Prov. Banten. Keempat, Area Wabah Rabies yaitu Prov. Bali, NTT (kecuali daratan Kupang yang bebas) dan Pulau Nias.

"Pembagian status dan situasi rabies ini sebagai pedoman bagi petugas karantina pertanian dalam melakukan tindakan karantina hewan terhadap hewan penular rabies," jelas Jamil.

Menurut Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Raden Nur Cahyo, frekuensi lalu lintas anjing dari Jawa ke Sumatera melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak di Cilegon cukup tinggi. Berdasarkan data sistem otomasi Karantina Pertanian, IQFAST diwilayah kerjanya, volume anjing yang dilalulintaskan 3 tahun terakhir terus meningkat. Di tahun 2016 sebanyak 23.614 ekor, 2017 sebanyak 27.128 ekor, dan 2018 sebanyak 28.268 ekor, sementara hingga Juni 2019 telah mencapai 11.135 ekor.

Untuk dapat melalulintaskan anjing, karantina pertanian mempersyaratkan adanya SKKH dari dinas dan bukti vaksinasi berupa kartu vaksinasi hewan tersebut. Dokumen ini sebagai jaminan kesehatan hewan tersebut bebas dari rabies sehingga aman untuk dilalulintaskan.

"Selain memeriksa kelengkapan dokumen karantina dan pemeriksaan fisik, setiap kali frekuensi pengiriman kami mengambil sampel 10% dari volume pengiriman untuk dilakukan pengujian laboratorium untuk mengetahui titer anti bodi rabies," ujar Raden disela-sela pemberian vaksinasi gratis.

 

Sumber Foto: Humas Kementerian Pertanian.

Pengujian lab titer anti bodi rabies ini menjadi penting dilakukan untuk memantau sejauhmana anjing-anjing yang dilalulintaskan tersebut memiliki kekebalan terhadap penyakit rabies.

"Dari hasil pemantauan tahun 2018 ternyata hanya sekitar 21% anjing yang memiliki kekebalan yang cukup protektif," tambah Raden. Inilah yang menjadi dasar Karantina Cilegon melakukan kegiatan Karantina Peduli dalam rangka Bulan Bakti Karantina Pertanian tahun 2019 dengan memberikan vaksinasi rabies gratis.

Sementara pemilihan lokasi Kabupaten Garut dikarenakan Garut adalah wilayah ke-2 terbesar, setelah Sumedang, pemasok anjing yang akan dilalulintaskan ke Pulau Sumatera. Ada 8 titik lokasi pelaksanaan vaksinasi gratis kali ini yaitu Garut Kota, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Samarang, Bayongbong, Wanaraja, Banyuresmi, dan Leles.

Melalui kegiatan ini, diharapkan cakupan vaksinasi Rabies yang menghasilkan tingkat kekebalan memadai di Kabupaten Garut (minimal 70%) dapat didorong pencapaiannya, sehingga Hewan Penular Rabies asal Garut dapat diyakini status kesehatannya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jadi Artis Bayaran Tertinggi, Ini Penghasilan Taylor Swift

Posted: 11 Jul 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Taylor Swift dinobatkan sebagai selebriti bayaran tertinggi oleh Forbes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Bekal Makanan Menyeramkan yang Bikin Nafsu Makan Hilang

Posted: 11 Jul 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain rasa, nampaknya penyajian makanan yang menarik memiliki peranan penting dalam meningkatkan nafsu makan seseorang. Ya, makanan yang dihias dengan cantik atau ditata dengan rapi tentu akan menggugah selera orang yang melihatnya.

Berbeda jika makanan disajikan secara berantakan dan asal-asalan. Tak hanya bikin malas makan tapi bisa juga bikin orang justru mual melihatnya.

Artikel tentang potret bekal makanan dengan bentuk aneh menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang uniknya tulisan-tulisan 'dilarang dibanting' di kiriman paket.  

Sementara artikel ketiga terpopuler membahas tentang fakta dari kombinasi makanan yang diklaim berbahaya dimakan bersamaan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Geli Banget, 10 Potret Bekal Makanan Ini Dijamin Bikin Nafsu Makan Hilang

foto: lostbird.vn

Jika kalian sering melihat kreasi bekal makanan yang cantik dan unik, apa kalian sudah pernah melihat kreasi bekal yang menyeramkan sekaligus bikin geli?

Deretan bekal tersebut selain bikin geli juga sepertinya bisa membuat anak kecil menangis ketika melihatnya. Seperti apa ya?

Selengkapnya...

2. 8 Foto Tulisan Jangan Dibanting di Paket Ini Bikin Senyum-Senyum Sendiri

Doc: Facebook

Yang mesti diperhatikan bagi para penjual online shop adalah apabila barang yang mereka kirim merupakan benda mudah rusak, maka penting untuk menuliskan peringatan pada paket tersebut. Menariknya, setiap penjual memiliki cara unik dalam menulis peringatan di paketnya.

Selengkapnya...

3. 7 Kombinasi Makanan yang Tak Boleh Dimakan Bersamaan, Ini Faktanya

Susu / Sumber: iStockphoto

Di era digital, kita bisa menemukan informasi dari mana saja. Termasuk makanan mana yang mungkin tidak sehat atau bahkan berbahaya bila dimakan bersamaan.

Meski demikian, tidak semua informasi tersebut akurat. Terkadang, memang benar ada kombinasi makanan yang tak bisa dimakan bersamaan tapi bila Anda benar-benar mencoba mengikuti setiap saran diet yang Anda baca, Anda mungkin akan gila karena hanya bisa makan satu jenis makanan saja.

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Usul Pengawalan Khusus di Perairan Teluk Pasca-Serangan Tanker Inggris

Posted: 11 Jul 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C - Pentagon mengatakan pada Kamis 11 Juli 2019 bahwa pihaknya sedang mendiskusikan pengawalan militer untuk pelayaran komersial di perairan Teluk, sehari setelah kapal-kapal bersenjata Iran mengancam sebuah tanker minyak milik Inggris.

Calon Ketua Kepala Staf Gabungan Gedung Putih, Jenderal Mark Milley, mengatakan Washington berusaha mengumpulkan koalisi "dalam hal menyediakan pengawalan militer terhadap pengiriman komersial".

"Saya pikir itu akan berkembang selama beberapa pekan ke depan," kata Milley kepada Komite Layanan Bersenjata Senat, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia pada Jumat (12/7/2019).

Ketegangan di Teluk telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, dengan ekonomi Iran jatuh bebas setelah penerapan kembali sanksi AS pasca-penarikan diri Donald Trump dari perjanjian internasional 2015, untuk mengekang program nuklir Negeri Persia.

Rantai ketegangan yang berkembang cepat mempersulit upaya Inggris dan sekutu Eropa lainnya untuk menyelamatkan perjanjian nuklir JCPOA 2015, terlepas dari penarikan AS.

Pernyataan Milley itu muncul setelah London menuduh Iranpada hari Kamis mengerahkan tiga kapal militer untuk "menghalangi perjalanan" kapal tanker milik British Petroleum, HMS British Heritage.

"Kami prihatin dengan tindakan ini dan terus mendesak pemerintah Iran untuk mengurangi ketegangan di kawasan itu," kata juru bicara kantor perdana menteri Inggris.

Iran mengancam supertanker BP pada hari Rabu, di mana menurut para pengamat, tampaknya sebagai pembalasan atas penyitaan kapal tanker Grace 1 oleh Inggris di Gibraltar pada 4 Juli.

Garda Revolusi Iran membantah terlibat dalam insiden hari Rabu, tetapi mengatakan AS dan Inggris akan "sangat menyesal" atas penyitaan kapal tanker Iran --yang berisi penuh-- di Selat Gibraltar, karena dituding melanggar sanksi terhadap Suriah, yang diduga sebagai penerima kargo terkait.

Belum Ada Dukungan untuk AS

Kondisi kapal tanker minyak Iran yang mengalami kebakaran hebat di Laut Cina Timur (11/1). Akibat kecelakaan itu, 10 kapal pemerintah Tiongkok dan kapal nelayan diterjunkan untuk membantu upaya pembersihan laut. (Ministry of Transport via AP)

Pejabat di Inggris dan Prancis kabarnya tak akan mengkonfirmasi diskusi tentang operasi pengawalan kapal tanker.

Keduanya, seperti Amerika Serikat, mempertahankan kehadiran angkatan laut yang konstan di perairan Teluk.

Tetapi London dan Paris enggan bergabung dalam kampanye "tekanan maksimum" Washington melawan Iran untuk memaksanya menarik kembali keterlibatannya dalam konflik di Suriah, Irak dan Yaman.

Media Inggris melaporkan bahwa kemungkinan penyebaran lebih banyak kapal Angkatan Laut Kerajaan ke wilayah itu "sedang diperhatikan" setelah insiden terbaru.

Namun di Prancis, seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa mereka tidak berencana untuk memperluas kehadiran di perairan Teluk.

"Prancis sedang mengalami deeskalasi," kata pejabat itu. "Mengirim aset militer tambahan ke wilayah itu tampaknya tidak berguna bagi kami."

Jiak benar terlaksana, usulan AS itu akan mengulangi operasi serupa pada 1987-1988, untuk melindungi tanker minyak Kuwait dari serangan Iran selama perang Iran-Irak.

Dibantah Garda Revolusi Iran

Kapal tanker Iran Sanchi kembali terbakar dan kemudian tenggelam (14/1/2018) di laut lepas China. Otoritas menyebut tak ada korban selamat (AFP)

Sumber-sumber pertahanan Inggris mengatakan kepada media, bahwa kapal-kapal Garda Revolusi Iran pertama-tama berusaha menghentikan, dan kemudian mengalihkan supertanker itu ke pantai Iran.

HMS Montrose, fregat Angkatan Laut Kerajaan, kemudian menyiapkan senjatanya ke arah kapal-kapal Iran, dan menyampaikan pesan "serang atau henti" melalui radio.

Wakil Laksamana Jim Malloy, komandan Armada Kelima AS yang meliputi Timur Tengah, menuduh Garda Revolusi Iran melakukan "pelecehan tidak sah" atas kapal Inggris.

"Kami terus bekerja sama dengan Angkatan Laut Kerajaan, bersama dengan semua mitra regional dan global kami untuk menjaga dan mempertahankan arus perdagangan bebas dan kebebasan navigasi," katanya dalam sebuah pernyataan.

Garda Revolusi Iran, sebuah organisasi keamanan yang luas dan kuat di Negeri Persia, mengatakan "tidak ada konfrontasi dalam 24 jam terakhir dengan kapal asing."

Tetapi, dalam suatu langkah yang dapat menambah ketegangan, polisi Gibraltar mengumumkan penangkapan pada hari Kamis atas kapten India dan petugas dari kapal tanker Iran yang disita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Aurel Hermansyah Sukses Turunkan Berat Badan 5 Kg dalam Sebulan

Posted: 11 Jul 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga penampilan jadi salah satu hal yang sangat diperhatikan para pesohor Tanah Air, tidak terkecuali Aurel Hermansyah. Perempuan yang akrab disapa Loli ini memilih menjalani hidup sehat demi mempertahankan bentuk tubuh yang proporsional.

Perjuangan putri sulung Anang Hermansyah ini berbuah manis. Baru-baru ini. Aurel membagikan cerita mengenai diet yang dilakukan lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadi, @aurelie.hermansyah, baru-baru ini.

Aurel Hermansyah berbagi kiat menurunkan berat badan. (dok. Instagram @aurelie.hermansyah/https://www.instagram.com/p/BzqStYZgtbA/Putu Elmira)

Aurel Hermansyah mengunggah potret yang memamerkan lekuk tubuh indahnya. Ia terlihat mirror selfie dalam balutan baju lengan panjang fit body merah maroon, legging hitam, dan rambut panjang yang diikat.

"Okay. Banyak banget yang nanya tips dietku. Jadi gini ya, dulu itu aku sempat nggak diet, tapi aku minum @ash.juice jadi tuh turunnya nggak terlalu banyak. 1/2 kg saja dalam sebulan," tulisnya.

Aurel juga mengungkap kini benar-benar menjaga makan dan minum jus. Perempuan yang baru berulang tahun yang ke-21 tahun ini juga rutin gym seminggu hingga tiga kali.

"Akhirnya aku turun 5 kg dalam waktu 1 bulan. Jadi benar-benar terbukti banget aku saja kaget pas nimbang turunnya 5 kg! Semangat masih mau turun 2 kg lagi nih," lanjut Aurel Hermansyah.

Sempat Diet Ekstrem

Aurel Hermansyah (Bambang E.Ros/Fimela.com)

Aurel Hermansyah sebelumnya juga pernah menjalani diet ekstrem seperti tidak makan nasi. Pemilik nama lengkap Titania Aurelie Hermansyah ini hanya mengonsumsi sayur dan banyak minum air putih.

"Aku ngerasa cukup karena sudah biasa. Pertama-tama aku biasanya makan nasi aku kurangin, lama-lama makan lauk doang, dari lauk aku ganti sayuran boleh kentang, sayuran apa saja nggak apa-apa," kata Aurel seperti dilansir dari Bintang.com.

Aurel juga mempunyai cara tersendiri untuk menurunkan berat badan. Selain tidak makan nasi dan hanya mengonsumsi buah dan sayur, ada metode lain yang ia lakukan saat lapar melanda pada malam hari. "Malamnya kalau lapar lagi, aku makan buah," lanjut Aurel Hermansyah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Pramusim MU: Diawali Lawan Klub Australia

Posted: 11 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) tengah berada di Perth, Australia. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer akan tampil dua kali disana pada laga pramusim. Partai pertama digelar Sabtu, (13/7/2019).

Ujian pertama MU menghadapi musim baru 2019- 2020 adalah klub lokal Australia, Perth Glory. Kemudian pada 17 Juli, MU akan menjajal Leeds United. 

Usai bertemu Leeds, MU akan meninggalkan Australia dan berkunjung ke Singapura guna mengikuti turnamen pramusim International Champions Cup 2019.

Di Singapura, Paul Pogba dan kawan-kawan akan berhadapan dengan wakil Italia Inter Milan 20 Juli nanti.

Tur Asia-Pasifik MU akan ditutup 25 Juli 2019 dengan menghadapi Tottenham Hotspur. Duel MU melawan Tottenham akan berlangsung di China.

Australia dan Singapura

Sabtu 13 Juli 2019

Manchester United vs Perth Glory

Rabu 17 Juli 2019

Manchester United vs Leeds United

Sabtu 20 Juli 2019

Manchester United vs Inte Milan

 

Tottenham

Kamis 25 Juli 2019

Tottenham Hotspur vs Manchester United

Rabu 31 Juli 2019

Kristiansund vs Manchester United

Sabtu, 3 Agustus 2019

MU v AC Milan

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti Ungkap Cara Ampuh Lepaskan Seseorang dari Kecanduan Gim

Posted: 11 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di era teknologi canggih seperti saat ini, mungkin Anda berhadapan dengan anak, teman atau bahkan pasangan yang kecanduan gim online. Daya tarik gim online pada sebagian orang sampai-sampai melupakan kegiatan primer harian mereka.

Baru-baru ini peneliti dari Johannes Gutenberg-University Mainz Jerman menemukan sebuah harapan mengatasi kecanduan gim. Yakni lewat terapi bicara atau cognitive behavioral therapy (CBT).

Dalam studi yang melibatkan 143 pria Jerman dan Austria yang didiagnosis mengalami kecanduan gim dan gawai. Sekitar setengah dari partisipan diajak untuk melakukan CBT. Selama 15 minggu mereka melakukan sesi bersama gamer lain dan terapis.

Sesudah menjalankan terapi tersebut selama 15 pekan, sekitar 50 orang menunjukkan penurunan keinginan bermain gim online.

"Kami menemukan bahwa program CBT kami efektif di seluruh rentang ini, tanpa memandang usia atau pusat perawatan,' tulis para penulis penelitian dalam JAMA Psychiatry seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (12/7/2019).

Sayangnya, tidak diketahui apakah terapi yang sama juga berpengaruh pada wanita. 

Tentang CBT

Ilustrasi gim online (iStock)

Cognitive behavioral therapy (CBT) merupakan cara yang paling banyak digunakan, dicoba dan terbukti membantu untuk mengubah perilaku. Termasuk perilaku kecanduan gim online seperti ini.

CBT adalah salah satu terapi 'bicara' yang paling umum dan membantu pasien mengidentifikasi akar perilaku bermasalah mereka. Dari situ akan mengembangkan kebiasaan baru yang lebih baik.

World Health Organization (WHO), secara resmi mengakui kecanduan gim sebagai masalah mental. Hal ini diumumkan pada Sabtu 25 Mei 2019.

Dalam laporan terbaru International Classification of Diseases (ICD), WHO resmi memasukkan kecanduan gim ke dalam daftar penyakit modern.

Kecanduan gim online seperti yang dialami oleh sebagian orang saat memang perlu mendapat penanganan. Jika dibiarkan banyak aktivitas terganggu karena waktu yang digunakan hanya untuk bermain gim. Bahkan mereka sampai lupa untuk tidur. Tentu saja hal ini akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Jadinya Jika 6 Karakter Mortal Kombat Diperankan Artis Indonesia

Posted: 11 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini kabar mengembirakan datang dari aktor Tanah Air. Aktor laga Joe Taslim resmi ditunjuk memerankan karakter Sub Zero di film Mortal Kombat. Joe Taslim pun menjadi aktor pertama yang ditunjuk secara resmi, untuk proses syutingnya sendiri akan dimulai pada akhir 2019 mendatang di Australia Selatan.

Mortal Kombat merupakan film yang diadaptasi dari gim populer bertajuk sama yang dirilis tahun 1992. Sub Zero juga merupakan salah satu pemeran utama dalam film Mortal Kombat. Sub Zero memiliki gaya tarung dengan kekuatan unik dan mengagumkan.

Sub Zero yang akan dimainkan oleh Joe Taslim adalah sosok petarung yang memiliki kemampuan mengontrol dan menyerang dengan es. Ia dikenal merupakan rival lama dari tokoh Mortal Kombat lainnya, Scorpion. Selain Sub Zero, masih banyak karakter Mortal Kombat lainnya yang keren dan menarik.

Jika Joe Taslim yang notabenenya aktor asli Indonesia telah didaulat sebagai pemeran dalam karakter Sub Zero, kira-kira bagaimana jadinya jika 6 karakter Mortal Kombat lainnya juga diperankan artis Indonesia? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, begini jadinya jika 6 karakter Mortal Kombat diperankan artis Indonesia, Jumat (12/7/2019).

1. Iko Uwais disebut cocok perankan karakter Scorpion yang tak lain adalah musuh Sub Zero

Begini Jadinya Jika 6 Karakter Mortal Kombat Diperankan Artis Indonesia (sumber:Instagram/iko.uwais dan _mortal_kombat_)

2. Sosok yang pantas memerankan Raiden ialah Yayan Ruhayan

Begini Jadinya Jika 6 Karakter Mortal Kombat Diperankan Artis Indonesia (sumber:Instagram/yayanruhian dan a.josue.614)

3. Untuk si ahli kipas Kitana, aksi Aghniny Haque mungkin akan lebih cocok

Begini Jadinya Jika 6 Karakter Mortal Kombat Diperankan Artis Indonesia (sumber:Twitter/@ShaniBudi)

4. Sedangkan si seksi Mileena akan pas kalau diperankan oleh Claresta Taufan

Begini Jadinya Jika 6 Karakter Mortal Kombat Diperankan Artis Indonesia (sumber:Twitter/@ShaniBudi)

5. Aksi Yoshi Sudarso sebagai Liu Kang akan terlihat semakin keren

Begini Jadinya Jika 6 Karakter Mortal Kombat Diperankan Artis Indonesia (sumber:Twitter/@ShaniBudi)

6. Rasanya tak ada yang lebih cocok memerankan sosok Goro oleh Bang Tigor alias Djaitov Yanda

Begini Jadinya Jika 6 Karakter Mortal Kombat Diperankan Artis Indonesia (sumber:Twitter/@oktaBOR)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelecehan Seksual Seret Nama Pimpinan Pesantren di Aceh

Posted: 11 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Lhokseumawe - Polisi mengungkap kasus dugaan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang menyeret nama seorang pimpinan dan guru pesantren di Desa Panggung Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Para korban adalah santriwati dari pesantren tersebut.

Kedua tersangka berisinial AL (45) dan MY (26). Santriwati yang teridentifikasi sebagai korban pelecehan seksual sebanyak 15 orang, tetapi yang sudah diperiksa baru lima di antaranya.

"Namun yang sudah diperiksa itu lima orang. Kita belum tahu apa motifnya, tersangka sampai sekarang pun belum mengaku," Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, dalam keterangan diterima Liputan6.com, Kamis, 11 Juli 2019.

Menurut Ari, kasus pelecehan seksual tersebut terjadi sejak September 2018. Modus kedua tersangka menyuruh para korban membersihkan kamar mereka atau dipaksa tidur di kamar mereka.

"Di sanalah peristiwa itu terjadi. Tersangka AI (45) kepada korban R sebanyak 5 kali, korban L sebanyak 7 kali, korban D sebanyak 3 kali, korban sebanyak 5 kali, korban A sebanyak 3 kali. Sementara MY (26) pelecehan seksual dilakukannya terhadap korban R sebanyak 2 kali," sebut Ari.

Pada Sabtu 29 Juni 2019, orangtua dari salah seorang korban melaporkan kasus dugaan pelecehan seksual tersebut ke polisi. Beranjak dari laporan tersebut, polisi mulai menekuni kasus ini, menelusuri kemungkinan adanya korban lain, melakukan gelar perkara, dan akhirnya menahan kedua tersangka.

"Keduanya dikenakan Pasal 47 Qanun Aceh Nomor 6 tahun 2014 tentang Hukum Jinayat dengan ancaman hukuman cambuk paling lama 90 kali atau denda paling banyak 900 gram emas murni atau penjara paling lama 90 bulan," jelas Ari.

Kepolisian akan terus mendalami kasus ini. Untuk para orangtua santriwati yang merasa anaknya telah menjadi korban diimbau untuk segera melapor. "Jika anaknya menjadi korban silakan lapor ke kita," Ari memungkasi.

 

Borok di Negeri Syariat

Kapolres Lhokseumawe didampingi Kasat Reskrim, AKP T. Indra Herlambang.  (Liputan6.com/Rino Abonita)

Mendapat julukan Serambi Makkah tak lantas membuat Provinsi Aceh bebas dari pelaku pelecehan seksual hingga rudapaksa bertopeng ustaz.

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, sejak Februari hingga November 2018 tercatat, setidaknya, ada lima kasus kejahatan seksual terhadap anak yang dilakukan oleh seorang guru mengaji dengan jumlah keseluruhan korban mencapai 38 orang anak.

Menurut Wakil Ketua Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk Faisal Ali, fakta ini tidak terlepas dari lemahnya regulasi yang dapat memfilterisasi tenaga pendidik kompeten dan memiliki kapasitas moral yang baik.

"Misalnya, saat kita lihat ada seseorang yang bersuara bagus ketika membaca Alquran, langsung kita jadikan guru mengaji anak. Padahal, kapasitasnya sebagai tenaga pendidik tidak ada," kata Faisal, saat diwawancarai Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Bagi Lem Faisal, sapaannya, memilih seorang tenaga pendidik tidak boleh secara parsial atau hanya dilihat dari sisi kemampuan di bidang ilmu tertentu. Namun, perlu juga dilihat sisi kapasitas moral yang bersangkutan.

"Perlu ada rumusan-rumusan tingkat desa atau kampung tidak mesti harus pakai qanun (perda). Fasilitas yang ada di lembaga pendidikan, maupun pendidikan Alquran juga mesti di-support dan melibatkan semua pihak," cetusnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pablo Benua Dianggap Mempersulit Proses Pemeriksaan

Posted: 11 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Rabu (10/7/2019), Pablo Benua dan Rey Utami telah menjalani proses pemeriksaan di Reskrimsus Polda Metro Jaya. Dan pada Kamis (11/7/2019) dini hari, keduanya pun resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam pemeriksaan, Pablo Benua sempat berkelit saat menjawab pertanyaan penyidik. Ia mengaku bahwa saluran YouTube Rey Utami & Benua bukanlah miliknya.

"Kalau yang saya lihat dalam penyelidikan bukan punya Pablo, itu yang tertuang di dalam berita acara. Sehingga di situlah dia (Pablo) dianggap mempersulit," ucap kuasa hukum Rey Utami dan Pablo Benua, Farhat Abbas, di Polda Metro Jaya, Kamis (12/7/2019).

Farhat Abbas menyebut bahwa pemilik saluran YouTube itu adalah orang ketiga yang tergabung dalam manajemen Pablo Benua dan Rey Utami. Sayangnya, Farhat sendiri lupa siapa nama orang tersebut.

"Nama manajemen tersebut, ada nama salah satu manajer, (namanya) saya lupa, kan tadi malam saya tidak sepenuhnya mendampingi, karena belum selesai pemeriksaan sebagai saksi terus ada kenaikan saksi," ungkapnya.

Tidak Mengunggah

Rey Utami dan Pablo Putera Benua [foto: instagram.com/reyutami]

Farhat Abbas juga menuturkan bahwa orang yang mengunggah video konten ikan asin ke saluran YouTube, bukanlah Rey Utami maupun Pablo Benua, melainkan timnya.

"Mereka memang ada perekaman, tapi yang upload bukan Pablo atau Rey. Channel itu sudah ada perjanjian untuk diserahkan kepada orang ketiga tersebut. Dan sudah dilaporkan ke Polres," ucap Farhat Abbas.

"Seperti itulah, itu yang tadi malam ada perdebatan, kita kan sebagai pengacara tidak bisa mengajari, tidak bisa aktif, karena (Saat itu masih) diperiksa sebagai saksi," sambungnya.

Kontradiktif

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pernyataan Farhat Abbas tampaknya kontradiktif dengan pernyataan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono. Menurut Argo, saluran tersebut dimiliki oleh Rey dan Pablo.

"Jadi untuk peran mereka masing-masing bahwa untuk saudara tersangka Pablo itu adalah perannya pemilik akun YouTube, chanel official Rey Utami dan Benua. Untuk rey utami itu juga pemilik akun email utamirey87@gmail.com yang didaftarkan dengan nomer handphone dia," kata Kombes Pol Argo Yuwono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Keadilan Untuk Baiq Nuril

Posted: 11 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baiq Nuril, seorang guru yang dilecehkan secara verbal oleh kepala sekolah justru harus terjerembab dalam kasus hukum setelah dilaporkan atas pasal 27 ayat (1) UU ITE. Kini ia sedang mencari keadilan dengan mengajukan amnesti dari presiden setelah proses peninjauan kembali ditolak hakim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekolah dan Makam Kramat Terancam Proyek Tol Solo - Jogja

Posted: 11 Jul 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Klaten - Pihak Yayasan Hidayah Klaten berharap ada gedung pengganti jika kompleks sekolah yayasan tersebut benar-benar tergusur proyek tol Solo-Jogja

Kompleks sekolah itu bersebelahan dengan areal persawahan di wilayah Dukuh Ngawen, berdiri di lahan seluas 6.000 meter persegi, dan memiliki hampir 50 ruang kelas terdiri atas jenjang SD IT, SMPIT, SMAIT, serta pondok putri dengan jumlah total murid mencapai 1.020 orang.

Kepala SMAIT Hidayah Klaten, Wasis Pambudi mengatakan, sekolahnya berdiri sekitar 2008, denganp pembangunan dilakukan secara bertahap, bahkan gedung berlantai dua di sisi utara sekolah setempat belum lama ini rampung dibangun.

Dua pekan lalu ada petugas yang mengaku dari pelaksana proyek tol datang melakukan survei. Kemudian ada rombongan pejabat Pemkab Klaten serta tim proyek tol Solo-Jogja datang ke lokasi, Selasa (9/7/2019).

Pengelola yayasan mendapat informasi sebagian lahan sekolah itu masuk kawasan rencana jalan tol Solo-Jogja. "Katanya sebagian bangunan terkena jalan tol," kata Wasis dikutip Solopos, Jumat (12/7/2019)

Wasis mengatakan pengelola sekolah hanya bisa pasrah. Namun, mereka meminta ada tempat baru untuk menampung seluruh siswa jika proyek tol benar-benar menggusur sekolah mereka.

"Harapan kami ada pemindahan ke tempat yang lebih baik dan sudah siap untuk menampung seluruh siswa sebelum dibongkar," kata dia.

Sementara itu, warga Dukuh Sidorejo, Desa Beku, Kecamatan Karanganom, Klaten, meminta proyek jalan tol Solo-Jogja tak melintasi kampung mereka. Selain menerjang permukiman, di kampung tersebut terdapat makam kuno yang diyakini cikal bakal Sidorejo.

"Ada makam kuno yakni makam Kiai Sadji. Sebelum ada orang di sini, sudah ada Kiai Sadji yang tinggal di kampung kami," kata Harto (65), warga setempat.

Kadus I Desa Beku, Karyono, juga beranggapan serupa. Di kawasan tersebut selain makam Kiai Sadji, juga terdapat tiga makam kuno lainnya.

"Kiai Sadji itu pejuang pada masa zaman kolonial Belanda. Dia merupakan pejuang dari Keraton Yogyakarta. Begitu pula Suromenggolo, Dirjo Suwondo, dan Siti Sundari yang dimakamkan di Sidorejo," kata Karyono.

Soal rencana proyek jalan tol yang melintasi Desa Beku, Karyono mengatakan itu bukan cerita baru. Pada 1995 atau era Presiden Soeharto, rencana proyek jalan tol Joglosemar pernah muncul.

Beku termasuk desa terdampak rencana proyek tol tersebut. Bahkan lahan di wilayah itu sudah dipasangi patok. Namun, hingga Presiden Soeharto lengser, proyek itu tak terealiasasi.

"Sekarang muncul rencana lagi. Kalau dulu [rencana proyek tol era Soeharto] lokasinya perbatasan Desa Karang dan Beku. Sementara sekarang antara Desa Troso dan Desa Beku. Kalau saya harapannya jangan sampai menerjang permukiman dan makam," kata Karyono.

Baca juga berita Solopos.com lainnya di sini.

 

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Turun Lagi Jadi Rp 701 Ribu per Gram

Posted: 11 Jul 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam dibanderol Rp 701 ribu per gram pada perdagangan Jumat (12/7/2019), hari ini. Harga tersebut turun Rp 10 ribu dari perdagangan Kamis (11/7/2019), kemarin.

Demikian juga harga buyback emas Antam juga turun Rp 10 ribu per gram menjadi Rp 630 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 630 ribu per gram.

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.27 WIB, sebagian besar ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 7.250.000. Sedangkan ukuran 20 gram dijual Rp 13.950.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

Daftar Harga Emas Antam

Daftar harga jual beli emas di gerai PT Aneka Tambang TBK (Antam), Jakarta, Senin (24/6/2019). Harga buyback emas Antam juga naik Rp 3.000 menjadi Rp 631 ribu per gram. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

* Pecahan 0,5 gram Rp 375.000

* Pecahan 1 gram Rp 701.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.351.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.005.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.325.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.585.000

* Pecahan 25 gram Rp 16.355.000

* Pecahan 50 gram Rp 32.635.000

* Pecahan 100 gram Rp 65.200.000

* Pecahan 250 gram Rp 162.750.000

* Pecahan 500 gram Rp 325.300.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 650.600.000

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Jadi Wisata Baru di Labuan Bajo, Presiden Tinjau Puncak Waringin dan Kawasan Terpadu Marina

Posted: 11 Jul 2019 08:55 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu, 10 Juli 2019. Kawasan yang ditinjau olehnya dalam kunjungan kerja kali ini nantinya akan dikembangkan dan ditata menjadi sebuah kawasan industri pariwisata.

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan kepada Presiden oleh Direktur Jenderal Cipta Karya, Danis H. Sumadilaga, kawasan Puncak Waringin akan mencakup area seluas kurang lebih 1 hektare yang dilengkapi dengan pusat cenderamata, amfiteater, ruang terbuka hijau, area parkir, dan dek observasi.

Secara umum, kawasan Labuan Bajo akan diprioritaskan pemerintah sebagai salah satu destinasi wisata baru yang akan dikembangkan.

"Kita kan sudah rencanakan dua tahun yang lalu kita ingin ada 10 destinasi baru dan ini yang 4 yang ingin kita prioritaskan. Salah satunya adalah Labuan Bajo," ujar Presiden selepas meninjau Puncak Waringin.

Presiden mengatakan, untuk mendukung pengembangan kawasan tersebut, pemerintah sedang melakukan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata. Di antaranya adalah pengembangan bandara yang ada di daerah tersebut.

"Maksimal tahun depan sudah rampung semua. Terminal airport runway, rampung," tuturnya.

Pengelolaan bandara juga akan menjadi perhatian tersendiri. Menurut Presiden, pemerintah ingin agar pengelola bandara di kawasan-kawasan wisata memiliki jaringan pariwisata internasional.

"Pengelolaan juga akan dilelangkan. Terutama kita ingin agar yang mengelola airport ini yang memiliki jaringan pariwisata internasional sehingga yang datang ke sini turis-turis yang kita harapkan akan meningkatkan devisa," ucapnya.

Dalam peninjauan tersebut, Kepala Negara sempat menyusuri area pedestrian yang berjarak kurang lebih 100 meter dari kawasan Puncak Waringin. Penataan pedestrian yang dilalui Presiden tersebut juga akan menjadi bagian dari penataan kawasan pariwisata tersebut.

"Penataan kawasan di Labuan Bajo itu penting sekali. Seperti ini, akan kita buat trotoar. Tahun ini mulai (dibangun) nanti sampai ke ujung sana sehingga turis bisa berjalan ke sini sambil menikmati view yang ada di depan sana," tuturnya.

Di samping itu, pemerintah juga akan membenahi dan mengembangkan sektor air minum dan sanitasi di kawasan Labuan Bajo. Penataan pelabuhan dan pelebaran jalan menuju lokasi wisata untuk lebih mendukung arus wisatawan juga akan dilakukan.

"Ini memang total penataannya," kata Presiden.

Penataan tersebut diharapkan untuk dapat diselesaikan sesegera mungkin. Setelahnya, Presiden berharap agar pemerintah setempat mulai membuat dan mengemas atraksi wisata baru yang dapat menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Labuan Bajo.

"Kita ini baru mulai membenahi. Insyaallah tahun depan sudah selesai airport-nya runway-nya, dan penataan kawasan. Baru kita bicara bagaimana mengemas event-event seni dan budaya yang ada di sini. Kemudian juga promosinya seperti apa," tandasnya.

Selepas peninjauan kawasan Puncak Waringin, Presiden Joko Widodo dan rombongan juga meninjau rencana kawasan pengembangan wisata baru di sekitar Pelabuhan Labuan Bajo. Kawasan sekitar pelabuhan tersebut nantinya akan terdiri atas hotel, kawasan terpadu Marina, dan area komersial. Penataan tersebut akan mengubah wilayah pelabuhan yang sebelumnya kumuh dan tak tertata menjadi sebuah kawasan wisata baru.

Kepala Negara kemudian meninggalkan lokasi tersebut dengan terlebih dahulu menghampiri para pekerja untuk berfoto bersama. Selain itu, Presiden juga tampak menyapa masyarakat yang hadir di lokasi peninjauan.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut ialah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bienvenido Maranon Bantah Bakal Bergabung ke Persija

Posted: 11 Jul 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Bienvenido Maranon dirumorkan akan bergabung dengan Persija Jakarta. Rumor itu muncul menyusul unggahan striker asal Spanyol itu di akun Instagram pribadinya.

Maranon adalah penyerang kampiun Liga Fililina, Ceres-Negros, yang dua kali mempermalukan Persija pada babak penyisihan Grup G Piala AFC 2019. Maranon dua kali mengoyakan gawang tim berjuluk Macan Kemayoran itu.

Maranon berencana untuk mencari tantangan baru setelah empat tahun bermukim di Filipina. Ada tiga negara yang menjadi pertimbangannya dalam memilih destinasi berikutnya, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

"Tidak ada satupun dari pihak Persija yang telah menghubungi saya. Jadi itu tidak benar," kata Maranon kepada Bola.com, Kamis (11/7/2019).

"Saya tidak tahu apa-apa kabar dari Persija Jakarta. Tak satupun orang dari mereka yang memberikan penawaran kepada saya," kata Maranon.

 

Ferry Paulus Membantah

Pemain Ceres-Negros, Bienvenido Maranon, merayakan gol ke gawang Persija Jakarta pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (23/4). Persija takluk 2-3 dari Ceres-Negros. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Chief Executive Officer (CEO) Persija, Ferry Paulus juga membantah telah menjalin pembicaraan dengan Maranon. Sejauh ini, pihaknya belum berencana membongkar materi pemain asing.

Rumor rencana peremajaan skuat mencuat didasari performa Persija yang belum terlihat mapan di Shopee Liga 1 2019. Berstatus sebagai juara bertahan kompetisi, tim ibu kota masih tercecer di posisi 13 klasemen sementara dengan torehan poin minimalis enam dari enam laga.

"Belum, belum ya, saat ini memang pemain manapun juga belum ada yang kita lirik," tutur Ferry Paulus.

"Kalau pemain lokal mungkin iya, tetapi kalau pemain asing rasanya belum. Pelatih juga belum merekomendasikan apa-apa," imbuhnya.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Picu Kanker, Ini 3 Senyawa Berbahaya pada Makanan yang Dibakar

Posted: 11 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Risiko munculnya kanker memang berbagai macam. Namun salah satu penyebab kanker yang sangat dekat dengan kita adalah tidak mengonsumsi makanan yang sehat. Ya, ada kebiasaan makan tertentu yang bisa menyebabkan kanker. Salah satunya adalah menyukai mengonsumsi makanan yang dibakar pada suhu tinggi.

Mengonsumsi makanan yang dibakar atau dipanggang memang sangat menggiurkan. Namun, pada makanan yang dibakar dapat mengubah zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Ya, ada reaksi kimia yang terjadi pada proses makanan yang dibakar.

Banyak bahan makanan yang bisa dibakar seperti ayam, daging, ikan, dan lain sebagainya. Sangat sulit untuk menghindari bagian bahan makanan yang gosong ini dalam proses pemanggangannya. Padahal, daging gosong inilah yang bisa meningkatkan risiko kanker.

Ya, ada beberapa senyawa yang menjadi berbahaya saat makanan dibakar. Berikut ini Liputan6.com, Jum'at (12/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa senyawa berbahaya yang ada pada makanan yang dibakar penyebab kanker. Selain itu, dilengkapi juga dengan cara mengolah makanan yang dibakar agar tetap sehat.

Kandungan Berbahaya dari Makanan yang Dibakar

Daging Panggang  / Sumber: iStockphoto

PAH

Senyawa Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) juga bisa terbentuk dan meningkatkan risiko kanker pada makanan yang dibakar. Senyawa PAH ini terbentuk saat lemak daging, ayam, atau ikan menetes ke bara panas dan menimbulkan asap yang mengendap dalam makanan.

Senyawa PAH merupakan kelompok bahan kimia yang jumlahnya lebih dari 100 jenis kimia yang berbeda. PAH dikaitkan dengan karsinogen yang dapat meningkatkan risiko paru-paru dan kanker kandung kemih.

HCA

Selain itu, pada makanan yang dibakar juga menyebabkan perubahan zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Senyawa protein dalam otot yang ada dalam daging, ayam, atau ikan dapat bereaksi dengan suhu tinggi dari pembakaran dan membentuk senyawa karsinogenik.

Senyawa karsinogenik ini bernama Heterocyclic Amines. Bahan kimia ini terbentuk saat asam amino dalam protein dan creatine yang ditemukan pada otot daging bereaksi di atas temperatur 300 derajat Fahrenheit. Penelitian menemukan adanya hubungan dengan masalah pankreas dan kanker kolorektal pada usia dewasa.

AGEs

Makanan berlemak dengan protein bila dibakar atau mendapatkan panas tinggi bisa menghasilkan racun yang disebut dengan Glycation atau AGEs. Racun ini dikaitkan dengan ketidakseimbangan antioksidan dalam tubuh yang dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Tips Membakar Makanan Agar Lebih Sehat

Ikan Bakar / Sumber: iStockphoto

Kamu bisa tetap mengonsumsi makanan yang dibakar dengan aman tanpa harus takut berisiko munculnya kanker. Berikut ada beberapa tips untuk mengurangi risiko kanker saat kamu mengonsumsi makanan yang dibakar:

1. Marinasi ikan atau daging sebelum kamu membakarnya. Merinasi dapat menurunkan kadar pembentukan HCA sampai sebesar 99%. Terutama, marinasi dengan bahan-bahan yang asam.

2. Menggunakan rempah-rempah untuk membumbui. Ini juga dapat menurunkan pembentukan senyawa HCA. Kamu bisa menggunakan daun mint, bawang Bombay, bawang putih, rosemary, dan kunyit.

3. Jangan mengoleskan saus saat membakar makanannya. Penggunaan saus saat membakar dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan HCA. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menggunakan saus saat kamu ingin memakannya saja.

4. Makan makanan yang dibakar bersama dengan sayuran dan buah seperti bayam, apel, semangka, blueberry, dan anggur. Hal ini dapat menghambat aktivitas senyawa HCA dalam tubuh.

5. Jangan bakar makanannya terlalu lama. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memotong daging atau ikan dalam potongan yang lebih kecil agar lebih cepat matang.

6. Bersihkan alat memanggang dari residu karsinogenik yang menempel sebelum maupun setelah kamu menggunakannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganjil Genap Seperti Asian Games Mau Diberlakukan, Begini Kata Polisi

Posted: 11 Jul 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan di Jakarta hingga saat ini masih cukup parah. Bahkan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), memberikan wacana agar ganjil genap seperti saat gelaran Asian Games kembali diberlakukan.

Dijelaskan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, pihaknya tengah mengkaji wacana tersebut.

"Kalau memang itu mengurangi kemacetan dan memang sudah diteliti oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kita oke saja," ujar Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, seperti dilansir news Liputan6.com, ditulis Jumat (12/7/2019).

Lanjut Argo, jika keputusan aturan ganjil genap tersebut berada di Pemprov DKI Jakarta. "Yang punya (kebijakan) kan di sana (Pemprov DKI Jakarta)," kata Argo.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengusulkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan agar peraturan ganjil genap kendaraan di Jakarta kembali diberlakukan seperti saat Asian Games 2018.

Sebab, hasil evaluasi BPTJ kondisi jalanan di Jakarta menunjukkan kinerja lalu lintas Ibu Kota sedang menurun.

"Contohnya sekarang tiap pagi kemacetan di Tol Cawang menuju Semanggi itu ekornya sudah sampai Cibubur. Kemudian contra flow sampai jam 09.00 WIB sudah diperpanjang sampai jam 10.00 WIB. Memang kemacetan sudah parah. Kita sudah harus antisipasi," ujar Bambang saat dihubungi, Rabu 10 Juli 2019.

Kondisi Mendesak

Bambang menegaskan, kondisi yang sudah mendesak seperti saat ini harus segera diatasi. Sebab, berdasarkan studi Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) tahun 2019, pergerakan masyarakat di Jabodetabek sudah mencapai 100 juta orang per hari.

Padahal, tiga tahun lalu angka tersebut baru mencapai 50 juta orang perhari. Bambang menegaskan, kebijakan ganjil genap ini juga bukanlah sesuatu hal yang baru sehingga tentunya masyarakat dengan mudah kembali menerima.

Apalagi, karena masyarakat sudah pernah merasakan dampak baik dari kebijakan tersebut.

"Oleh karena itu BPTJ bicara transportasi memang bukan gubernur saja. Semualah, ada 3 gubernur, 8 bupati atau wali kota, termasuk BPTJ. Oleh karena itu BPTJ berdasarkan latar belakang tadi mengusulkan kebijakan yang sudah pernah kita coba," jelasnya.

"Jadi ya sudah, kita laksanakan persis sama seperti Asian Games 2018. Itu kira-kira ceritanya," dia mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Regulasi Kontrol IMEI Ponsel BM Bakal Diteken 17 Agustus, Kapan Mulai Blokir?

Posted: 11 Jul 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -imei Untuk membendung peredaran ponsel BM, pemerintah melalui tiga kementerian: Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag), akan menerbitkan aturan pemblokiran ponsel BM via International Mobile Equipment Identification (IMEI) pada 17 Agustus 2019.

Kasubdit TIK Direktorat Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin, Najamudin, mengimbau kepada masyarakat agar bisa lebih bijak dalam membeli smartphone, dengan IMEI yang sudah terdaftar di Kemenperin, supaya tidak teridentifikasi menjadi ponsel BM atau ilegal.

Himbauan tersebut sudah diinfokan mulai dari sekarang, dan akan lebih ditekankan oleh pemerintah saat peraturan tersebut mulai berlaku.

"Tolong diinfokan, bahwasannya Kemenperin hanya menyediakan basis data IMEI, bukan blokir. Kemkominfo yang akan perintahkan operator seluler untuk memblokir smartphone ilegal," ucap Najamudin di acara press briefing Konferensi Asia IoT Business Platform (AIBP) yang ke-32, Kamis (11/7/2019), Jakarta.

Setelah regulasi pemblokiran ponsel BM via IMEI diteken tiga kementerian, ia belum bisa memastikan kapan kebijakan pemblokiran akan dimulai.

"Mungkin (pemblokiran ponsel BM via IMEI) bisa dimulai pada 6 bulan, 1 tahun, atau bahkan bisa 2 tahun kemudian setelah regulasi itu diteken. Tidak akan ada masa pemutihan selama proses pemblokiran ini berlangsung," ujar Najamudin menambahkan.

 

 

 

Proses Pemblokiran Ponsel BM

imei

Dalam hal ini, pemerintah akan bekerja sama dengan Qualcomm untuk memanfaatkan teknologinya, bernama DIRBS atau Device Indentification, Registration, and Blocking System, untuk melakukan pengecekan terhadap nomor IMEI pada smartphone.

Ketika sudah dicek, jika nomor IMEI dengan data yang ada di DIRBS dinyatakan sama, maka smartphone tersebut tidak akan diblokir. Sebaliknya, jika berbeda antara data di IMEI dan DIRBS, maka bisa dinyatakan bahwa itu ponsel BM dan akan diblokir.

Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah smartphone milik kita ilegal atau tidak. Pertama, bisa dicek melalui DIRBS resmi milik Kemenperin.

 

Cara Cek IMEI dengan Cara Lain

Cara mengecek IMEI ponsel. Liputan6.com/Iskandar

Kita juga bisa datang langsung ke Kemenperin untuk melakukan pengecekan, tetapi smartphone harus dalam keadaan baru atau masih di dalam kotak, belum dibuka. Kedua, bisa dicek melalui aplikasi-aplikasi di Google yang sudah disetujui oleh Kemenperin.

Terakhir, bisa saja kita tidak membeli smartphone tanpa mengecek IMEI terlebih dahulu. Saat kita memasukkan SIM card dan mengisi data diri, data tersebut akan masuk ke operator.

Seminggu kemudian akan diinfokan apakah nomor IMEI smartphone kita terdaftar di Kemenperin atau tidak. Jika tidak, maka smartphone akan dimatikan atau blokir.

Langkah terakhir ini akan membuat masyarakat rugi karena smartphone yang baru dibeli harus diblokir sebelum dipakai lebih lama lagi.

(Linda Fahira Putri/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP 2019 Bulan Depan: Balapan di Ceko

Posted: 11 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah selesainya MotoGP 2019 Jerman, para pembalap mendapat libur cukup panjang. Mereka diberi kesempatan menikmati liburan musim dingin. MotoGP akan kembali bergulir awal Agustus nanti. Seri Kesepuluh digelar di Republik Ceko. 

Seperti biasa, MotoGP Ceko akan digelar di Sirkuit Automotodrom Brno, yang memiliki panjang 5,4 Kilometer (Km) atau 3,36 mil dan lebar 15 meter atau 49,21 kaki. Sirkuit ini memiliki trek lurus terpanjang sekitar 636 meter atau 2.086,61 kaki.

Seperti balapan-balapan sebelumnya, di MotoGP Ceko, Marc Marquez juga kembali dijagokan. Setelah memenangkan MotoGP Jerman, pembalap Repsol Honda ini memang seperti sulit terbendung.

Di klasemen MotoGP, Marc Marquez pun berada di puncak. Dia mengoleksi 185 poin, unggul 58 poin dari rival terdekatnya, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

 

Jadwal MotoGP

Jumat (02/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas

18:30 WIB, Latihan Bebas

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Sabtu (03/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas

18:30 WIB, Latihan Bebas

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Minggu (04/08/2019)

19.00 WIB, Lomba

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lagi 'Sakit', BUMN Ini Peroleh Pendanaan Rp 100 Miliar

Posted: 11 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bertempat di Ruang Rapat Lantai 7 Kementerian BUMN, PT Industri Sandang Nusantara (Persero) melakukan penandatanganan kerjasama Pendanaan Non Cash Loan (SKBDN dan L/C) dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero).

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Agus Hendardi, Direktur Utama ISN, Alexandra Askandar, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri dan Sahata L. Tobing, Direktur Pengembangan Bisnis Jasindo, dengan disaksikan oleh Deputi Jasa Keuangan, Jasa Survey dan Keuangan Lainnya Kementerian BUMN Gatot Trihargo.

"Terimakasih atas sinergi BUMN, Mandiri dan Jasindo, sehingga kerjasama ini dapat terwujud pada hari ini. ISN kini adalah sunsrise, bukan lagi sunset," kata Gatot di Kementerian BUMN, Jumat (12/7/2019).

Dalam kerjasama ini, Bank Mandiri memberikan plafon fasilitas Pendanaan Non Cash Loan bersifat revolving pada tahap awal sebesar Rp100 miliar dengan Jasindo sebagai penjamin transaksi.

Tujuan kerjasama ini untuk mendorong pengembangan kegiatan bisnis ISN dalam trading dan impor tekstil serta produk turunannya.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan turn over penjualan ISN hingga 4-6 kali per tahun, serta memperkuat struktur modal kerja, dan pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing ISN di pasar domestik maupun regional.

Di tahun 2018, ISN telah memperoleh pendanaan dari sinergi BUMN, yaitu PT Surabaya Industrial Estate Rungkut, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Perum Jaminan Kredit Indonesia dan PT Danareksa (Persero).

Kepercayaan pendanaan ini merupakan awal kebangkitan ISN sebagai BUMN tekstil terkemuka.

BUMN Ini Bakal Ekspor Bahan Peledak ke Fiji dan Jepang

Menteri BUMN Rini M Soemarno melepas ekspor yang dilakukan tiga BUMN, yaitu PT Bio Farma (Persero), PT Pindad (Persero) dan PT Dahana (Persero). Liputan6.com/Ilyas Istianur P

PT Dahana (Persero) mulai melebarkan sayap bisnis bahan peledaknya ke sekitar Pacific. Negara tujuannya adalah Australia yang bekerjasama dengan Jhonex. Beberapa kali pengiriman ekspor bahan peledak sudah dilakukan.

Tak puas dengan hal ini, beberapa negara lain juga menjadi sasaran ekspansi Dahana, mulai dari Fiji hingga negara maju seperti Jepang.

"Selain itu, kami ekspor juga ke Timor Leste untuk mendukung project pelabuhan Tibar Bay Port di Dili. Dan beberapa waktu ke depan kami sedang mempersiapkan ekspor ke Fiji dan Jepang," ungkap Direktur Operasi Dahana, Bambang Agung dalam keterangannya, Kamis (11/7/2019).

Sebagai salah satu upayanya dalam berekspansi, Dahana juga bakal mengikuti perhelatan Pacific Exposition 2019 baru akan digelar pada 12 - 14 Juli 2019 di Auckland Selandia Baru. Ini merupakan ajang pameran bisnis dan diplomatik besar di Selandia Baru.

 

Disambut Gembira

Uji coba roket balistik karya BUMN Indonesia PT Dahana (Foto: PT Dahana)

Kehadiran Dahana dalam event internasional ini disambut gembira oleh Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya. 

Menurutnya, Ia bangga BUMN sangat berperan dalam mensyiarkan bahwa Negara RI adalah negara yang berdaulat dengan dukungan Industrinya.

"Kami sangat gembira bahwa produk Dahana sudah masuk ke Australia, dan mengharapkan Produk Dahana bisa masuk ke negara-negara Pasifik lainnya, diantaranya Selandia Baru," ungkap Tantowi Yahya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Uang Kompensasi, Wanita di China Sengaja Menabrakkan Diri ke Truk

Posted: 11 Jul 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Seorang warga China melakukan tindakan yang cukup bahaya demi mendapatkan uang kompensasi. Ia sengaja menabrakkan diri ke sebuah truk yang melintas. Jika kejadian ini tidak tertangkap kamera tersembunyi, perempuan itu mungkin telah sukses menipu pengemudi.

Insiden ini terjadi pada 4 Juli lalu, di Wuhu, Provinsi Anhui, China. Wanita itu diketahui bermarga Tang. Ia berlari di samping truk sambil membawa sepeda.

Ketika kendaraan berbelok di tikungan, Tang melempar sepeda ke tanah. Saat truk berhenti, ia menggeser tubuhnya di bawah bumper depan dan berbaring di atas roda, seolah-olah baru saja ditabrak; lapor The Star dikutip dari South China Morning Post, Jumat (12/7/2019).

Rekaman itu berakhir dengan Tang terbaring di bawah kabin truk sementara segelintir orang lewat melihatnya.

Menurut surat kabar resmi Partai Komunis China, People's Daily, Tang sengaja menabrakkan diri setelah mengalami perselisihan bisnis dengan pengemudi, dan ia berusaha membalas dendam.

Tetapi menurut laporan People's Daily, Tang sempat memanggil polisi dalam posisi tengkurapnya dan mengklaim dia telah menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

Polisi Datang

Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Ketika petugas tiba di tempat kejadian, Tang "mengerang kesakitan" dan menuntut kompensasi dari pengemudi, yang diidentifikasi hanya sebagai Cui.

Namun, akting Tang gagal, ketika para petugas meninjau video dari kamera pengintai di jalan. Hal itu membuktikan, Tang telah memalsukan seluruh kejadian.

Meskipun tidak jelas apakah Tang dihukum atas tindakannya, polisi hanya mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki drama amatir Tang, yang tidak luput dari kritik online.

"Keterampilan (akting) wanita ini buruk," satu orang menulis di Weibo, platform seperti Twitter di China.

"Jika (Tang) tidak dihukum, (kasus) ini akan terjadi berulang kali," tulis yang lain.

Pengacara Beijing Han Xiao mengatakan dari rekaman itu tampak jelas, Tang telah melanggar hukum dengan mencoba melakukan akting kecelakaan. Hal itu bisa menghadapi denda atau bahkan penahanan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kang Ji Hwan Dipecat dari Drama yang Dibintanginya

Posted: 11 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus kekerasan seksual yang dialami Kang Ji Hwan membuat dirinya didera berbagai masalah. Yang terbaru, Kang Ji Hwan harus meninggalkan drama Joseon Survival yang dibintanginya.

Kamis (11/7/2019) melalui agensinya, Huayi Brothers Korea, mengumumkan bahwa mereka tengah mencari aktor lain yang akan menggantikan peran yang dimainkan Kang Ji Hwan.

"Halo. Ini adalah Huayi Brothers Korea, perusahaan produksi untuk 'Joseon Survival' TV Chosun. Aktor Kang Ji Hwan, yang berperan sebagai Han Jung Rok, telah keluar dari drama," katanya dalam siaran persnya dikutip dari laman Soompi.

 

Mencari Aktor Lain

Kang Ji Hwan (Foto: Soompi)

"Kami sedang mencari aktor untuk menggantikan perannya, dan kami (akan) melakukan yang terbaik untuk memastikan penayangan yang lancar. Kami mohon maaf kepada semua pemirsa yang mendukung 'Joseon Survival' dan kami akan kembali mengudara secepatnya," lanjut pihak agensi terkait pencarian pengganti Kang Ji Hwan.

Drama Joseon Survival yang dirilis pada 8 Juni 2019 itu kini penayangannya harus ditunda, terkait keterlibatan aktor utamanya, Kang Ji Hwan dalam kasus kekerasan seksual.

Selain berhenti ditayangkan sementara, berbagai hal terkait Kang Ji Hwan pun dibatalkan, termasuk berbagai kegiatan yang dijadwalkan untuk sang aktor. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi panggilan penyelidikan kasus tersebut. (Fimela.com/ Lanny Kusumastuti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridho Rhoma Kembali Dipenjara Hari Ini

Posted: 11 Jul 2019 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi dangdut Ridho Rhoma akan kembali mendekam di penjara pada Jumat (12/7/2019) siang ini. Putra raja dangdut Rhoma Irama itu akan menjalani sisa hukuman di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat.

Ridho yang tersandung kasus narkoba jenis sabu ini harus merasakan dinginnya penjara setelah Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi dari jaksa penuntut umum (JPU).

Putusan MA memperkuat hukuman majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang memvonis 10 bulan kurungan dan rehabilitasi menjadi hukuman satu tahun enam bulan penjara.

Dilansir Antara, pria berusia 30 tahun ini lantas memutuskan untuk menjalani sisa hukuman tersebut setelah mendapatkan surat panggilan ketiga dari Kejaksaan Negeri Jakarta Barat.

Ridho akan memenuhi panggilan kejaksaan dengan didampingi kuasa hukum dan ayahnya, Rhoma Irama setelah menunaikan ibadah salat Jumat nanti.

Setelah putusan kasasi dibacakan Jaksa Penuntut Umum, maka Ridho akan langsung dibawa ke Rumah Tahan Salemba.

Sebelumnya, Ridho Rhoma ditangkap polisi pada pukul 04.00 WIB, Sabtu 25 Maret 2017. Polisi menemukan sabu seberat 0,7 gram di dalam mobilnya.

Koreksi Putusan PN Jakbar

Sidang Putusan Ridho Rhoma (Adrian Putra/bintang.com)

Putra Raja Dangdut, Ridho Rhoma terancam kembali masuk bui atas kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi Ridho Rhoma atas kasus penyalahgunaan narkoba. Juru Bicara MA Abdullah mengatakan, majelis hakim agung mengoreksi putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Pertama, kata penyalahgunaan dikoreksi menjadi penyalah guna. Kedua, hukumannya dikoreksi menjadi 1 tahun 6 bulan," ujar Abdullah kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin 25 Maret 2019.

Setelah serangkaian proses hukum berjalan, pada 19 September 2017 digelar sidang atas kasus penyalahgunaan narkotika yang menentukan nasib Ridho.

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, majelis hakim memutuskan vonis 10 bulan penjara terhadap Ridho Rhoma.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa (Ridho Rhoma) selama 10 bulan. Menetapkan masa tahanan terdakwa dikurangkan sepenuhnya dari pidana yang dijatuhkan. Menetapkan terdakwa menjalankan rehab medis dan sosial di RSKO Cibubur selama 6 bulan 10 hari," ucap Edinson, Ketua Majelis Hakim, di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Slipi.

Berdasarkan keterangan dari dokter ahli dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Ridho juga mesti melakukan rehabilitasi selama enam bulan di RSKO, Cibubur, Jakarta Timur.

"Oleh karena itu, majelis hakim mengimbau terdakwa dikeluarkan dari tahanan, dan sesegera mungkin melakukan rehabilitasi ke RSKO," ucap Edinson.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Keseruan Launching Caffino Bersama Iqbaal Ramadhan

Posted: 11 Jul 2019 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 'Ngopi' menjadi gaya hidup kaum urban saat ini. Maka dari itu, PT Sumber Kopi Prima meluncurkan kopi baru dengan brand Caffino, Kamis, (9/7/2019).

Caffino adalah kopi instan pertama di Indonesia yang menggunakan kopi asli dan susu asli. Di setiap sesapan kopi Caffino, bisa langsung terasa bahan-bahan berkualitas yang digunakan dan mudah dikenali dari foam latte tebal karena memakai susu asli.

Tersedia dalam 3 varian rasa, yaitu Kopi Latte Classic untuk penggemar kopi rasa kopi yang lebih kuat, Kopi Latte Mocca dengan rasa mocca yang nikmat dari perpaduan antara kopi asli dan moka, dan Kopi Latte Cokelat Hazelnut, kopi 3-in-1 pertama yang mengusung rasa cokelat hazelnut.

Dalam peluncuran kopi kemasan tersebut, Caffino memilih Iqbaal Ramadhan sebagai Brand Ambassador yang memiliki 'karakter' dan idealisme yang otentik. Untuk lebih jelasnya, Berikut video peluncuran Caffino.

 

(Adv)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Tira Persikabo vs Madura United: Duel Tim Belum Terkalahkan

Posted: 11 Jul 2019 08:35 PM PDT

Bogor - Tira Persikabo akan menjamu Madura United pada pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (12/7/2019), yang disiarkan Indosiar. Ada potensi salah satu tim bakal menerima kekalahan perdana di musim ini.

Saat ini, Tira Persikabo di posisi kedua klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 15 poin dari tujuh pertandingan. Tim berjuluk Laskar Pajajaran itu hanya unggul satu strip dari Madura United, yang mengemas 13 poin namun baru memainkan lima pertandingan.

Sedang ada di papan atas, Rahmad Darmawan selaku pelatih Tira Persikabo menuntut Manahati Lestusen dan kawan-kawan untuk tetap membumi. Apalagi, Laskar Pajajaran akan menghadapi Madura United, tim yang notabene bertabur bintang di Liga 1 2019.

"Perlu diingat untuk pemain. Jangan merasa kami ini sudah berhasil. Saya tak setuju dibilang berhasil," ujar Rahmad pada konferensi pers sebelum pertandingan.

"Melawan Madura United, kami lebih banyak melakukan pemulihan dibanding latihan. Secara keseluruhan kami sudah siap. Kami tekankan kepada pemain untuk fokus."

"Melawan tim sebesar Madura United, tanpa semangat rasanya tidak mungkin. Namun, kami akan mencoba semaksimal mungkin. Siapa tahu bisa," kata pelatih berusia 53 tahun itu.

Rahmad mengingatkan timnya untuk mewaspadai setiap pemain Madura United. Bukan hanya Aleksandar Rakic, yang notabene merupakan eks pemain timnya dan top scorer Liga 1 musim lalu.

"Semua pemain Madura United kami waspadai. Termasuk pemain cadangannya. Mereka masih punya Alfath Faathier dan David Laly. Ada Slamet Nurcahyo juga. Kami akan melawan tim berat. Secara kualitas, Madura United lebih baik," tutur Rahmad.

Madura United

Selebrasi

Tidak mau kalah dengan Tira Persikabo, Madura United juga ingin menjaga rekor tanpa kekalahan. Minimal, tim berjulukan Laskar Sapeh Kerrab itu dapat mencuri satu poin.

"Saya pikir kami kami bisa melihat laga bagus melawan Tira Persikabo. Karena kedua tim ini bermain menyerang, belum pernah kalah, dan dua tim yang target tinggi di musim," kata pelatih Madura United, Dejan Antonic.

"Tira Persikabo berbeda dengan musim lalu. Sekarang mereka punya pelatih bagus, teman saya Rahmad Darmawan. Kami ingin mencuri poin, puji Tuhan kalau bisa menang," imbuh arsitek asal Serbia itu.

Tim asal Pulau Garam itu tak ingin terpeleset lagi. Sebelumnya, mereka sudah tersingkir dalam semifinal di Piala Presiden 2019 dan Piala Indonesia 2018. Target mereka di Liga 1 sudah jelas: menjadi juara.

Sayang, Madura United tidak bisa menurunkan kekuatan penuhnya dalam laga ini. Penyerang sayap Andik Vermansah masih mengalami cedera hamstring dan belum dipastikan kapan akan kembali. 

Pertemuan ini juga bakal menjadi duel seru mengingat kedua tim sama-sama belum terkalahkan. Madura United kini di peringkat ketiga dengan 13 poin, sedangkan Tira Persikabo di atasnya mengoleksi 15 angka.

Prakiraan Susunan Pemain

Para pemain Tira Persikabo, merayakan gol yang dicetak oleh Osas Saha, ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Kamis (7/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tira Persikabo (4-2-3-1): Angga Saputro (k); Rifad Marasabessy, Khurshed Beknazarov, Andy Setyo, Abduh Lestaluhu (b); Manahati Lestusen, Louise Parfait; Wawan Febriyanto, Ciro Alves, Osas Saha (t); Loris Arnaud (d)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Madura United (4-4-2): Muhammad Ridho Djazulie (k); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Fandry Imbiri, Andik Rendika Rama (b); Asep Berlian, Zulfiandi, Alfath Fathier, Greg Nwokolo (t); Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic (d)

Pelatih: Dejan Antonic

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP Batam Dukung Sekolah Vokasi Kirana Angkasa Polytechnic di Batam

Posted: 11 Jul 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala BP Batam Edy Putra Irawady berkomitmen membangun kompetisi sumber daya manusia (SDM) Indonesia sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan mendorong pertumbuhan industri nasional yang berkelanjutan.

Wujud Komitmen tersebut ia sampaikan saat menerima kunjungan Ketua Tim Pendiri Kirana Angkasa Polytecnic Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc dari Yayasan Lion Pendidikan di Ruang Rapat lt. 8 BP Batam pada Kamis (11/7/2019) siang. Kirana Angkasa Polytechnic adalah sebuah perguruan tinggi swasta vokasi (kejuruan) yang berfokus di bidang aero – marine yang akan berdiri di Batam pada 28 Agustus 2019 mendatang.

"Alhamdulilah obsesi saya tercapai tadinya saya mau ketemu Pak Rusdi Kirana (Dubes RI) di Malaysia karena beliau konsen di pendidikan dan ternyata tercapai, hari ini Prof Ari yang memulai, artinya pendidikan SDM penting bagi kita di sini, kedua saya mengharapkan Batam menjadi kota pendidikan," kata Edy.

Kirana Angkasa Polytechnic nantinya akan membuka 3 (tiga) program studi vokasi diploma yaitu program pemeliharaan pesawat udara (aircraft maintenance), program elektronika pesawat udara (avionic system technology), dan program manajemen logistic (logistic management).

Ia pun menyampaikan apresiasi terhadap pihak Lion yang turut mengembangkan dunia pendidikan. "Hari ini saya bahagai Lion mau bikin vokasi mengenai perawatan pesawat, logistic, avionic system, dan akan menampung siswa sebanyak 150 dari program studi yang dibuka, dimana tahun keduanya akan membuka vokasi marine artinya kita punya sumber daya baru dibidang penerbangan," ucapnya.

"Berarti lengkap Batam di sini sudah ada Politeknik Negeri Batam yang saya bangun untuk vokasi logistik yang kerjasama sama Singapura dan kawasan berikat Jakarta, kemudian Pak Chris (Kinema) juga bikin IT Apple School dan sekarang saya dapat lagi Lion mau bikin vokasi dibidang aero berarti mimpi saya untuk menjadikan Batam ini sebagai kota pendidikan seperti Massachusetts ini hampir tercapai," sambungnya.

Ketua Tim Pendiri Kirana Angkasa Polytecnic Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc menyambut baik dukungan yang diberikan BP Batam atas komitmen pihaknya mendukung dunia pendidikan di kota Industri tersebut.

"Kami menyambut baik dan terimakasih bahwa mimpi dan obsesi Kepala BP Batam dengan kami nyambung jadi mungkin Allah mengabulkan, namun tidak hanya apresiasi kami juga merasa bersyukur karena beliau memberikan support yang luar biasa dan insyaallah akan terwujud dan ini sebuah kehormatan bagi kami pendiri Kirana Angkasa Polytechnic," ungkapnya.

Ia mengatakan pendidikan menjadi skala prioritas bagi pendiri Lion (Rusdi Kirana) dan menurutnya melalui pendidikan vokasi akan menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, sehingga dapat menjawab tantangan zaman dan kebutuhan industri.

"Dalam suatu pembicaraan dengan saya beliau (RK) mengatakan obsesi saya mewujudkan pendidikan untuk pendidikan perawatan pesawat terbang, karena memang kebutuhannya tinggi sekali, untuk proyeksi MRO di Batam sepuluh ribu tenaga kerja, ini adalah wujud dari obsesi tersebut," terangnya.

"28 agustus ini akan launching dan harapannya Presiden dan Menteri terkait bisa hadir, untuk lokasi sementara kita sudah mendapat ijin menggunakan gedung di area Bandara Hang Nadim dan jangka waktu 5 (lima) tahun nanti kita akan bangun gedung sendiri dengan perkiran luas 5 Ha untuk politeknik tersebut," harapnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar Siapkan Penyambutan Spesial Turkish Airlines di Denpasar

Posted: 11 Jul 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seluruh stakeholder pariwisata di Bali memberikan jaminan Inaugural Flight Turkish Airlines di Denpasar, Rabu (17/7) mendatang bakal lancar. Pesta penyambutan spesial bahkan sudah disiapkan. Inspeksi venue pun sudah dilakukan usai rapat koordinasi (rakor), Kamis (4/7). Rakor Inaugural Flight Turkish Airlines membuahkan hasil positif. Rakor dilakukan di Kantor Aerofood ACS, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Ada 31 peserta yang hadir dari berbagai kalangan. Mereka satu suara memberikan dukungan. Skenario pesta penyambutan disusun dengan baik

"Kami tentu menyambut baik Turkish Airlines. Kehadirannya akan positif bagi industri. Melalui rakor ini, semuanya sudah clear. Persiapan bisa dilanjutkan dan diintensifkan. Kami pasti akan sajikan kuliner terbaik," terang GM PT Aerofood ACS Bali Fery Londah, kemarin.

Inaugural Flight Turkish Airlines akan digelar Rabu (17/7) malam WITA. Water salute akan disiapkan sebagai penyambut. Beragam seni dan budaya khas Bali juga ditampilkan. Ada juga jamuan makan dengan menu terbaik. Pada flight pembuka nanti, Turkish Airlines diperkirakan membawa setidaknya sekitar 150 penumpang VIP.

GM Turkish Airlines Jakarta Fatih Guldas mengungkapkan, Bali menjadi opsi utama untuk maskapai ini.

"Turkish Airlines memiliki beberapa rute alternatif, tapi Bali menjadi opsi utama. Indonesia dan Bali ini memiliki banyak destinasi terbaik. Budayanya luar biasa, valuenya tinggi. Infrastrukturnya juga bagus. Kami gembira karena respon seluruh stakeholder sangat positif," ungkap Fatih.

Masuknya Turkish Airlines tentu menjadi keuntungan. Sebab, maskapai tersebut menerbangi 115 kota di Eropa. Posisinya juga menjadi hub bagi berbagai negara Eropa. Di Jerman saja, Turkish Airlines terbang di 14 Airport utama di negara itu.

"Posisi Turkish Airlines sangat penting. Sebab, menjadi jembatan untuk mendatangkan wisman menuju Indonesia. Secara umum, kami mendorong maskapai asing. Sebab, mereka memiliki pasar wisman di sana. Kadang kami merasa aneh kalau ada orang yang alergi dengan asing. Maskapai asing efektif guna menarik wisman," kata Tenaga Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Udara Robert Daniel Waloni.

Posisi Bali sendiri cukup strategis untuk mendatangkan wisman. Bandara I Gusti Ngurah Rai mampu menghadirkan wisman hingga 10,09 Juta orang. Jumlah tersebut naik 430.965 orang dari tahun 2017. Performa kompetitif juga diperlihatkan Bali sepanjang 2019. Dari rentang Januari-Mei, arus wisman di Pulau Dewata mencapai 2,3 Juta. Jumlah itu memiliki slot 36,19% dari skala nasional.

"Kami mendukung Turkish Airlines karena untuk pertumbuhan wisman Eropa, mereka akan menjadi partner potensial. Ada banyak kota penting yang terhubung melalui Turkish Airlines di Eropa. Kami ucapkan terima kasih atas support seluruh pihak di Bali. Terlebih penting, semua sepakat regulasi harus tetap dipatuhi dalam dukungan ini," tegas Asdep Pemasaran II Regional IV Kemenpar Agustini Rahayu.

Mengawali flight, Turkish Airlines akan terbang sebanyak 3 kali dalam sepekan sepanjang Juli. Mereka akan terban setiap hari mulai Agustus. Menunjang kenyamanan, Turkish Airlines menggunakan moda Boeing 787 Dreamliners. Menggunakan nomor Flight TK 066, Turkish Airlines menyediakan 300 kursi. Rinciannya, ada 30 kursi bisnis dan 270 lainnya ekonomi.

"Dengan masuknya Turkish Airlines, pergerakan wisman di Bali akan positif. Artinya, ada potensi nilai ekonomi besar yang akan diterima Bali. Lebih lanjut, impact positifnya tentu akan menyebar ke berbagai destinasi di Indonesia," papar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya. Dukungan bulat yang diberikan kepada Turkish Airlines pun diapresiasi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menerangkan, sinergi seluruh stakeholder membuat pariwisata semakin berkibar.

"Aksesibilitas udara vital. Sebab, mayoritas wisman sangat mengandalkan penerbangan. Sinergi solid untuk mendukung Turkish Airlines sangat bagus. Industri pariwisata semakin positif secara ekonomi," tutup Arief yang juga Menteri Pariwisata Terbaik ASEAN.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Populer di Instagram, Danau Indah Ini Ternyata Pembuangan Limbah

Posted: 11 Jul 2019 08:32 PM PDT

Pemandangan tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Saking populernya, danau yang sepintas mirip oasis itu  bahkan memiliki akun instagramnya sendiri, yakni @maldives_nsk. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pemandangan tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Saking populernya, danau yang sepintas mirip oasis itu bahkan memiliki akun instagramnya sendiri, yakni @maldives_nsk. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pengunjung berpose saat mengunjungi tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Warna biru terang danau itu berasal dari garam kalsium dan oksida logam yang tercampur di dalamnya. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pengunjung berpose saat mengunjungi tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Warna biru terang danau itu berasal dari garam kalsium dan oksida logam yang tercampur di dalamnya. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pengunjung berswafoto dengan latar belakang tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Dasar danau itu cukup dalam dan berlumpur, sehingga jika sudah tenggelam akan sulit menyelamatkan diri. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pengunjung berswafoto dengan latar belakang tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Dasar danau itu cukup dalam dan berlumpur, sehingga jika sudah tenggelam akan sulit menyelamatkan diri. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pasangan berjalan dekat tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Danau buatan yang memiliki hijau muda cerah tersebut kini tengah menjadi viral di media sosial Instagram. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pasangan berjalan dekat tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Danau buatan yang memiliki hijau muda cerah tersebut kini tengah menjadi viral di media sosial Instagram. (Rostislav NETISOV/AFP)

Sepasang suami istri bersantai dekat tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Saking populernya, danau yang sepintas mirip oasis itu  bahkan memiliki akun instagramnya sendiri, yakni @maldives_nsk. (Rostislav NETISOV/AFP)

Sepasang suami istri bersantai dekat tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Saking populernya, danau yang sepintas mirip oasis itu bahkan memiliki akun instagramnya sendiri, yakni @maldives_nsk. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pemandangan tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Warna biru terang danau itu berasal dari garam kalsium dan oksida logam yang tercampur di dalamnya. (Rostislav NETISOV/AFP)

Pemandangan tempat pembuangan abu dari pabrik batubara lokal yang sering disebut 'Maladewa di Siberia' di Danau Novosibirsk, Rusia, Kamis (11/7/2019). Warna biru terang danau itu berasal dari garam kalsium dan oksida logam yang tercampur di dalamnya. (Rostislav NETISOV/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faktor Conte, Inter Milan Dijagokan Raih Scudetto

Posted: 11 Jul 2019 08:30 PM PDT

Jakarta Antonio Cassano percaya Inter Milan berpeluang meraih Scudetto musim depan. Hal itu dikarenakan pengaruh Antonio Conte yang menjadi pelatih di klub tersebut.

Inter Milan ditangani Antonio Conte mulai musim 2019-20. Ia datang sebagai pengganti Luciano Spalletti.

Kehadiran Conte dianggap membawa harapan baru untuk Inter Milan. Hal itu diakui oleh Cassano.

"Banyak pelatih baru di Serie A. Bursa transfer menjadi sangat menarik dan persaingan juga akan menarik," ujar Cassano.

"Saya yakin Inter Milan siap bersaing untuk Scudetto dengan kehadiran Conte. Ia adalah pelatih yang cerdas dan tahu apa yang perlu dilakukan untuk menjadi juara."

"Conte adalah pelatih yang hebat. Ia akan berusaha membuat Inter Milan tanpa celah. Lalu, ia akan berusaha mencari kekurangan klub lain," ungkap Cassano.

Antonio Conte dituntut untuk membuat Inter Milan bisa bersaing dengan Juventus. Sebelumnya, Conte pernah berjaya bersama Juventus ketika menangani klub tersebut pada periode 2011-2014.

Buang Pemain Bermasalah

Antonio Conte. (AFP/Ben Stansall)

Antonio Conte sedang berusaha membangun skuat Inter Milan yang bisa mendukung strateginya. Namun, ia masih berusaha membuang pemain yang dianggap bisa mengganggu keharmonisan tim.

Pemain yang dimaksud adalah Radja Nainggolan dan Mauro Icardi. Pada musim kemarin, dua pemain tersebut memiliki masalah indisipliner dan sempat absen membela Inter Milan.

Conte tidak menginginkan kejadian tersebut berulang pada musim mendatang. Radja Nainggolan dikaitkan dengan klub asal China, sedangkan Icardi dikaitkan dengan Juventus.

Sumber: Calciomercato

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: