Jumat, 05 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Fakta Kisah Thoriq Pendaki yang Hilang di Gunung Piramid, Kini Sudah Ditemukan

Posted: 05 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hilangnya pendaki di rimbanya gunung Indonesia memang bukanlah kejadian langka. Beberapa kali informasi hilangnya pendaki di berbagai gunung di Indonesia sudah sering terdengar.

Baru-baru ini, ada remaja bernama Thoriq Rizki Maulidan melakukan pendakian di Gunung Piramid Bondowoso, Jawa Timur. Pendaki yang dikabarkan baru lulus SMP ini hilang dalam rimbanya Gunung Piramid, sejak Minggu (23/6/2019). Sejak kabar hilangnya Thoriq, banyak sekali tim pencari yang turut andil dalam pencarian di Gunung Piramid tersebut.

Setelah dilakukan pencarian terus menerus, akhirnya membuahkan hasil meski sang pendaki sudah tak bernyawa. Jasad Thoriq pada Jumat (5/7/2019) telah ditemukan oleh sejumlah relawan dan tim pencari. Jasad Thoriq ditemukan di lokasi 'Punggung Naga' Gunung Piramid yang disebut sebagai lokasi yang sulit untuk dijangkau.

Berikut ulasan mengenai 5 fakta Thoriq pendaki yang hilang di Gunung Piramid, Bondowoso, Jawa Timur yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/7/2019).

Thoriq hilang selama 12 hari di Gunung Piramid

Gunung Piramid (Dok.Instagram/@bondowoso_traveller/https://www.instagram.com/p/Bze7nK2FnCK/Komarudin)

Thoriq Rizki Maulidan hilang sejak Minggu (23/6/2019) dan telah ditemukan pada, Jumat (5/7/2019) oleh tim dari Wanadri, Gema Mahapeta Univ. Bondowoso (GMPT), Relawan Brigadir Penolong, dan Tim SAR Gabungan, menurut rilis dari media sosial Instagram @humas_wanadri yaitu sebuah organisasi Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri.

Hilangnya Thoriq selama 12 hari ini pun selain dari tim yang menemukan, sebelumnya juga banyak dari relawan aparat kepolisian, Tentara Nasional Indonesia, dan BPBD yang ikut dalam proses pencarian Thoriq. Pencarian ini sempat terhenti dan dihentikan, namun dari para relawan dan Tim gabungan masih melanjutkannya hingga menemukan jasadnya pada, Jumat (5/7/2019).

Pencarian Thoriq sempat terhenti

 

Mengutip dari pers rilis dari media sosial Instagram @humas_wanadri, Sabtu (6/7/2019), sebelumnya pencarian Thoriq Rizki Maulidan sudah dilakukan sejak tanggal 24 Juni 2019 dan ditutup pada 30 Juni 2019 secara resmi.

Namun, tim SAR gabungan dari Wanadri, , Relawan Brigadir Penolong, Gema Mahapeta Universitas Bondowoso (GMPT), memutuskan untuk meneruskan pencarian. Tim SAR Susulan Wanadri yang berangkat pada, Selasa (30/6/2019), dengan niat ingin melaksanakan misi bantuan dan masih memiliki harapan bahwa Thoriq masih dapat ditemukan.

Dengan segala upaya, Tim Wanadri bersama beberapa tim SAR Gabungan di lapangan melakukan pencarian setelah izin dari keluarga Thoriq. Setelah proses perizinan keluarga dan pemerintah, akhirnya tanggal 3 Juli 2019 pencarian kembali dilakukan dengan izin keluarga dan lembaga pemerintahan terkait. Sejak Kamis, (4/2019), tim SAR Gabungan mulai bergerak untuk mencari Thoriq kembali.

Lokasi ditemukannya Thoriq adalah lokasi yang cukup sulit dijangkau

 

Kabar ditemukannya Thoriq datang dari anggota Wanadri Eko Wahyu Prasetyo, Jumat (5/72019). Thoriq telah ditemukan di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa.

"Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya survivor, diduga survivor terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon," ujar Eko di Bidang Operasional Wanadri di Bandung lewat rilisan di akun Instagram @humas_wanadri.

Ada yang menyebut bahwa lokasi ditemukannya jasad Thoriq memiliki sebutan 'punggung naga' sebuah lokasi yang cukup sulit dijangkau.

"Melihat dari medan tempat ditemukannya Thoriq, Thoriq terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon," ujar Eko pada Bidang Operasional Wanadri di Bandung mengutip dari pers rilisnya.

 

Proses evakuasi jasad akan dilakukan mulai Sabtu

View this post on Instagram

RILIS PERS DITEMUKANNYA SURVIVOR THORIQ DI GUNUNG PIRAMID Survivor atas nama Thoriq Rizki Maulidan yang hilang di Gunung Piramid Bondowoso, sejak Minggu, 23 Juni 2019 telah ditemukan pada tanggal 5 Juli 2019 pukul 15.30 WIB oleh Tim SAR Wanadri, Gema Mahapeta Univ. Bondowoso (GMPT), Relawan Brigadir Penolong, dan Tim SAR Gabungan, dengan kondisi sudah tidak bernyawa saat ditemukan, inna lillahi wa inna ilaihi raj'iun. Sebelumnya pencarian survivor Thoriq sudah dilakukan sejak tanggal 24 Juni 2019 dan ditutup pada 30 Juni 2019 secara resmi. Tim SAR Susulan Wanadri yang berangkat pada 30 Juni 2019, dengan niat ingin melaksanakan misi kemanusiaan, masih memiliki harapan bahwa survivor masih dapat ditemukan. Dengan segala upaya dan pendekatan, Tim Wanadri bersama beberapa Tim SAR Gabungan di lapangan yang masih ingin melakukan pencarian meminta izin kepada keluarga survivor untuk kembali dilakukan pencarian. Setelah proses perizinan keluarga dan instansi pemerintah, akhirnya tanggal 3 Juli 2019 pencarian kembali dilakukan dengan izin keluarga survivor dan instansi pemerintahan terkait. Sejak Kamis, 4 Juli 2019, Tim SAR Gabungan mulai bergerak untuk melakukan pencarian survivor kembali. Kabar dari anggota Wanadri Eko Wahyu Prasetyo (5/7), survivor telah ditemukan di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa. "Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya survivor, diduga survivor terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon," ujar Eko pada Bidang Operasional Wanadri di Bandung. "Selanjutnya survivor akan dievakuasi mulai Sabtu (6/7) pagi dengan bantuan tim evakuasi medan terjal yang sudah memiliki standar keamanan evakuasi," pungkasnya. Dengan ditemukannya survivor, kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari segala pihak yang telah membantu proses pencarian dari awal sampai akhir dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia. Mari kita doakan proses evakuasi berjalan dengan lancar dan semoga almarhum Thoriq Rizki Maulidan diterima di sisi Allah SWT, juga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Terima kasih. Jasamu abadi! Wanadri!

A post shared by WANADRI (@humas_wanadri) on

 

Sejak ditemukannya jasad Thoriq di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa, Jumat (5/7/2019), segala proses rencana evakuasi pun segera dilakukan. Proses evakuasi pun akan dilakukan pada Sabtu (6/7/2019).

"Selanjutnya survivor akan dievakuasi mulai Sabtu (6/7/2019) pagi dengan bantuan tim evakuasi medan terjal yang sudah memiliki standar keamanan evakuasi," ungkap Eko.

Tak lupa dari Humas Wanadri pun meminta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia agar proses evakuasi berjalan lancar.

"Dengan ditemukannya selamat, kami meminta bantuan dari semua pihak yang telah membantu proses dari awal sampai akhir dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Diduga ditemukan saat hari ulang tahun Thoriq

 

Pada media sosial Instagram yang diduga milik Thoriq Rizki Maulidan ini terlihat banyak sekali netizen yang membanjiri ucapan selamat ulang tahun kepada Thoriq. 

Akun Instagram @thoriq_rizky33 pada foto unggahan terbarunya ini dibanjiri ucapan selamat ulang tahun. Namun belum dapat diketahui pasti kapan hari ulang tahun tepatnya Thoriq sebenarnya. Sempat ada netizen yang membantah kalau di hari ditemukannya Thoriq merupakan hari ulang tahunnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Muda di Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Golkar: Terobosan Menarik dengan Catatan...

Posted: 05 Jul 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo atau Jokowi memberi sinyal akan merekrut kaum muda sebagai menteri dalam kabinet kerja di masa pemerintahanya yang kedua.

Gagasan Jokowi tersebut dinilai Politikus Golkar Meutya Hafid sebagai terobosan menarik. Menurutnya, keterlibatan anak muda di pusaran pemerintahan sangat dinantikan mengingat tantangan global di masa depan.

Dengan catatan, kata dia, untuk melibatkan anak muda dalam pemerintahan harus dibarengi dengan pembangunan sumber daya manusianya.

"Saya rasa itu ide menarik. Setelah membangun infrastuktur maka tentu ada peningkatan kualitas sumber daya manusia," ujar Meutya, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7/2019). 

Terlibat dalam Isu-Isu Politik

Jokowi dan Ma'ruf Amin di Istana Merdeka, Jakata, Minggu (30/6/2019). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Mantan jurnalis itu menilai anak muda saat ini mulai awas dan peduli dengan pemerintahan. Hal ini ditandai dengan keterlibatan mereka dalam isu-isu politik, serta persentase jumlah anak muda yang ikut memilih dalam kontestasi Pemilu 2019.

Kendati keterlibatan anak muda di dunia pemerintahan mulai terlihat secara signifikan, ia mengingatkan istilah muda tidak hanya menyasar usia melainkan gagasan.

"Kemarin saja pemilu, 40 persen anak mudah ikut memilih. Tapi yang jelas ini bukan hanya usianya saja muda, tapi jiwanya yang muda," ujar Meutya.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Situasi Pogba di MU Belum Jelas

Posted: 05 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Manchester United (MU) tak kunjung memberi tanggapan mengenai status Paul Pogba yang belum tiba di Carrington untuk kegiatan pramusim. Namun, Setan Merah yakin kalau Pogba akan segera menyusul rekan-rekannya.

Pogba disebut belum memberikan laporan kepada MU mengenai keberadaannya. Pada hari pertama kegiatan pramusim, yaitu Senin (1/7/2019), Manchester United mengatakan kalau Pogba akan melakukan persiapan terpisah.

Saat itu, Pogba sedang berada di Amerika Serikat untuk kegiatan sponsor. Namun menjelang akhir pekan, Pogba tak kunjung kembali ke Inggris.

Hal itu semakin menguatkan spekulasi kalau Pogba segera hengkang dari Manchester United. Sebelumnnya, Pogba telah mengatakan kalau ia ingin mencari tantangan baru.

Tetapi, pernyataan tersebut mendapat bantahan dari manajemen Manchester United. Pogba disebut masih akan berkostum Manchester United pada musim mendatang. Pemain asal Prancis itu disebut akan menjadi inti dari permainan Manchester United besutan Ole Gunnar Solskjaer.

MUberharap Pogba segera berkumpul di Carrington karena mereka akan memulai kegiatan pramusim di Australia. Manchester United dijadwalkan menghadapi Perth Glory pada 13 Juli mendatang.

Manchester United Buru 2 Gelandang

Bruno Fernandes. (AFP/Patricia de Melo Moreira)

Meskipun masih berharap Pogba akan bertahan pada musim mendatang, MU tetap bersiap jika harus menghadapi kemungkinan terburuk. Saat ini, Manchester United memburu dua pemain yang berposisi sebagai gelandang.

Pemain yang dimaksud adalah Sean Longstaff dan Bruno Fernandes. Manchester United yakin bisa memboyong Longstaff dari Newcastle United, sedangkan Bruno Fernandes masih belum mendapat kejelasan.

Fernandes merupakan gelandang produktif dari Sporting Lisbon. MU harus bersaing dengan Liverpool dalam usaha memboyong Fernandes.

Sumber: Metro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dewi Perssik Pilih Berdamai dengan Meldi karena Ibunda

Posted: 05 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dewi Perssik ditemani suami dan juga  kuasa hukumnya, menyambangi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019).  

Kehadiran pemilik Goyang Gergaji itu untuk bertemu penyidik terkait laporannya terhadap keponakannya, Rosa Meldianti. Sandy Arifin selaku kuasa hukum Dewi Perssik mengatakan, kliennya ingin berdamai dengan keponakannya.

"Hari ini Mbak Dewi datang untuk menyampaikan ke penyidik, bahwa kami sedang dalam proses mediasi (perdamaian) dengan pihak sana (Rosa Meldianti)," kata Sandy Arifin.

Sandy menambahkan,  langkah tersebut diambil karena ingin menyelesaikan masalah dengan Meldi secara kekeluargaan. Dewi Perssik mau berdamai dengan kakak dan keponakan sepeninggal ayahnya.

"Kami sambil berjalannya proses (laporan Dewi Perssik) menyampaikan ke penyidik kami sedang ada upaya mediasi kekeluargaan. Kita lagi menyampaikan surat kepada pihak yang bersangkutan, untuk melakukan mediasi atau perdamaian," ucapnya.

 

Cabut

Dewi Perssik (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Karena pada dasarnya mereka adalah keluarga bisa berdamai dan bisa mencabut laporan. Ini itikad baik mbak Dewi," tambah Sandy Arifin.

 

 

Berdamai

Dewi Perssik (Adrian Putra/Fimela.com)

Depe mengaku kalau dirinya mengajak berdamai dengan Meldi, karena permintan ibunya. 

"Kalau saya pribadi, datang kesini (Polda) atas dasar kemauan kedua orangtua saya. Jadi bukan atas nama orang lain atau dari siapapun, semua atas dasar kedua orangtua saya," jelas Dewi Perssik.

"Saya mengalah untuk orangtua, terutama ibu saya. Segala sesuatunya amanat aja. Itikad baik saya, ya apa yang saya lakukan untuk kedua orangtua saya," kata  Dewi Perssik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kata yang Tak Pernah Diucapkan Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

Posted: 05 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan anggota keluarga kerajaan, termasuk Kerajaan Inggris, bisa dikatakan selalu tentang protokol. Tak semata berbusana, pemilihan kata-kata saat berbicara, entah dengan anggota keluarga atau di luar lingkaran itu, semua sudah diatur.

Nyatanya, ada beberapa kata yang tak pernah diucapkan keluarga Kerajaan Inggris. Ahli Antropologi Sosial sekaligus penulis buku Watching the English: The Hidden Rules of English Behaviour, Kate Fox, menjabarkan seperti dilansir dari Hello, Jumat, 5 Juli 2019.

Pardon (maaf)

Kendati kata ini dipertimbangkan sebagai tuturan sopan, anggapan ini tak berlaku bagi keluarga Kerajaan Inggris. Ketimbang 'pardon', mereka akan sesederhana mengatakan 'sorry' atau 'what' jika berharap lawan bicara mengulang ucapan.

Posh (mewah)

Sering kali jadi kata yang dipilih untuk megidentifikasi orang dari kelas lebih tinggi, ketimbang 'posh', keluarga Kerajaan Inggris lebih memilh pakai kata 'smart'. Menurut Kate, 'posh' biasanya malah diidentifikasi sebagai lelucon untuk menunjukkan itu bukanlah kata yang tepat.

Perfume (parfum)

Para perempuan anggota keluarga Kerajaan Inggris, termasuk Ratu Elizabeth II, Camilla, dan Kate Middleton, kedapatan tak pernah memakai kata 'parfume'. Sebagai ganti, mereka akan menyebut 'scent'.

Kata-Kata yang Tak Pernah Digunakan Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

Kate Middleton dan Meghan Markle bersama suaminya Pangeran William dan Pangeran Harry  saat menghadiri perayaan Natal kerajaan di Gereja St Mary Magdalene di Sandringham, Inggris (25/12). (AFP Photo/Paul Ellis)

Tea (teh)

Di Istana, anggota keluarga Kerajaan Inggris tak pernah menyebut makan malamnya sebagai 'tea'. Mereka lebih suka memakai kata 'dinner' atau 'supper'.

Lounge (ruang kumpul keluarga)

Istana Buckingham tentu punya banyak ruang, tapi tak akan ada yang disebutkan sebagai lounge. Anggota keluarga Kerajaan Inggris biasanya menyebut ruang kumpul keluraga dengan 'sitting room' atau 'drawing room'.

Toilet

Kata 'toilet' juga tak pernah dipakai. Ruang ini biasanya akan disebut 'lavatory' atau 'loo'. Menurut Kate, toilet tak dianjurkan untuk disebut, lantaran kata tersebut aslinya berasal dari Bahasa Prancis.

'Mum and Dad' (Ibu dan ayah)

Panggilan umum untuk orangtua ini tak dipakai anggota keluarga Kerajaan Inggris. Pangeran Charles masih sering kali memanggil ibunya dengan 'mummy', sementara tahun lalu Pangeran George kedapatan memanggil Pangeran William 'pops'.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKB Incar Kursi Menteri Agama dan Desa?

Posted: 05 Jul 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Politisi PKB Daniel Johan menyebut kader partainya layak masuk kabinet Jokowi di periode kedua. Menurut Johan, beberapa kursi menteri dirasa cocok, seperti Kementerian Agama dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

"Menteri desa mungkin, menteri agama, tapi kan itu ada NU juga, mungkin juga di basis PKB para petani dan nelayan," kata Daniel saat diskusi polemik di d'Consulate Resto, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Daniel mengatakan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar sudah mengajukan 10 nama calon menteri kepada Jokowi. Namun, Daniel mengatakan semua keputusan ada di tangan presiden.

"Ya walau saya juga enggak tahu namanya siapa-siapa saja, yang tahu hanya di antara mereka," jelas dia.

Meski mengaku tidak tahu 10 calon menteri yang diajukan partainya, namun Daniel menegaskan nama yang telah disodorkan memiliki tingkat pendidikan yang mendorong kualititas sumber daya manusia.

Karenanya, menurut Daniel, sosok-sosok lulusan pesantren bisa menjadi salah satu produk unggul di kabinet Jokowi di periode kedua ini.

"Pendidikan jadi basis penting, pesantren kan tidak kalah dengan sekolah unggulan yang ada, jadi bagaimana nanti kabinet Pak Jokowi kedua ini bisa benar meningkatkan (kualitas) masyarakat," pungkas Daniel.

 

Jokowi Cari Menteri Muda

Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberi sinyal akan ada menteri muda di kabinetnya mendatang. Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga sudah menyampaikannya.

"Saya kira karena Pak Jokowi sudah membuat pernyataan bahwa nanti akan ada menteri-menteri yang muda. Bahkan beliau nyebut umur 25-30 ya. Itu artinya berarti akan ada menteri, dan ini kan hak prerogatif Presiden," ucap Ma'ruf di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

"Nanti jadi saya kira memang, karena potensi milenial cukup besar. Maka saya kira sudah wajar untuk direpresentasikan di dalam kabinet," lanjut dia.

Meski demikian, Ma'ruf menuturkan untuk namanya siapa saja, belum ada yang dibicarakan.

"Belum, namanya belum. Tunggu saja," ungkap Ma'ruf.

Menurut dia, untuk kriterianya selain muda, ya memang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhannya.

"Ya tentu kriterianya selain muda juga memiliki kemampuan ya, profesional di bidang Kementerian yang dia akan tempati. Jadi saya kira itu melalui seleksi yang cukup," pungkas Ma'ruf Amin.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Conte Ingin Reuni dengan Vidal di Inter Milan

Posted: 05 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, , ingin bereuni dengan Arturo Vidal. Pemain asal Chile itu akan diplot menggantikan Radja Nainggolan, yang dirumorkan akan hengkang ke  Jiangsu Suning.

Barcelona kabarnya siap melepas Vidal dengan harga 22 juta euro (Rp349 miliar). Tetapi, Inter Milan hanya diberi tenggat waktu hingga pertengahan Juli jika ingin memboyong sang pemain.

Selain itu, Vidal juga disebut bersedia kembali dilatih oleh Antonio Conte. Seperti diketahui, Conte pernah menjadi pelatih pemain berusia 32 tahun itu saat berada di Juventus.

Ketika itu, Antonio Conte dan Arturo Vidal sukses mempersembahkan tiga gelar Scudetto untuk Si Nyonya Tua sepanjang 2011 hingga 2014. Setelah itu, Antonio Conte memutuskan melatih Timnas Italia hingga 2016.

Sementara, Arturo Vidal baru pergi dari kota Turin itu pada 2015 untuk menerima pinangan Bayern Munchen selama tiga musim.

Antonio Conte ingin kembali bahu-membahu dengan Arturo Vidal, kali ini di Inter Milan. Pelatih berusia 49 tahun itu membutuhkan kembali tenaga Arturo Vidal untuk membantunya mengukir kejayaan di I Nerazzurri.

Sumber: Football Italia

Statistik Vidal

Musim lalu, Vidal membela Barcelona dalam 53 pertandingan di semua kompetisi.

Ia juga menyumbangkan tiga gol dan tujuh assist. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Halalbihalal ICMI, Ajak Elemen Masyarakat Membangunan Indonesia

Posted: 05 Jul 2019 09:16 PM PDT

Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Penasehat ICMI, Jusuf Kalla (kedua kanan), Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie dan Sekjen Mohammad Jafar Hafsah pada acara Halalbihalal ICMI yang bertajuk Rekonsiliasi untuk Bangsa di Jakarta, Jumat (5/6/2019). (Liputan6.com/HO/Job)

Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Penasehat ICMI, Jusuf Kalla (kedua kanan), Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie dan Sekjen Mohammad Jafar Hafsah pada acara Halalbihalal ICMI yang bertajuk Rekonsiliasi untuk Bangsa di Jakarta, Jumat (5/6/2019). (Liputan6.com/HO/Job)

Wapres sekaligus Ketua Dewan Penasehat ICMI, Jusuf Kalla memberikan sambutan pada acara Halalbihalal ICMI yang bertajuk Rekonsiliasi untuk Bangsa di Jakarta, Jumat (5/6/2019). ICMI mengajak masyarakat melakukan rekonsiliasi dan bergandengan tangan untuk membangunan Indonesia. (Liputan6.com/HO/Job)

Wapres sekaligus Ketua Dewan Penasehat ICMI, Jusuf Kalla memberikan sambutan pada acara Halalbihalal ICMI yang bertajuk Rekonsiliasi untuk Bangsa di Jakarta, Jumat (5/6/2019). ICMI mengajak masyarakat melakukan rekonsiliasi dan bergandengan tangan untuk membangunan Indonesia. (Liputan6.com/HO/Job)

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie memberikan sambutan pada acara Halalbihalal ICMI bertajuk Rekonsiliasi untuk Bangsa di Jakarta, Jumat (5/6/2019). ICMI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali bersatu dan melupakan perbedaan pilihan politik saat kontestasi Pilpres. (Liputan6.com/HO/Job)

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie memberikan sambutan pada acara Halalbihalal ICMI bertajuk Rekonsiliasi untuk Bangsa di Jakarta, Jumat (5/6/2019). ICMI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali bersatu dan melupakan perbedaan pilihan politik saat kontestasi Pilpres. (Liputan6.com/HO/Job)

Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan sambutan pada acara Halalbihalal ICMI bertajuk Rekonsiliasi untuk Bangsa di Jakarta, Jumat (5/6/2019). ICMI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali bersatu dan melupakan perbedaan pilihan politik saat kontestasi Pilpres. (Liputan6.com/HO/Job)

Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan sambutan pada acara Halalbihalal ICMI bertajuk Rekonsiliasi untuk Bangsa di Jakarta, Jumat (5/6/2019). ICMI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali bersatu dan melupakan perbedaan pilihan politik saat kontestasi Pilpres. (Liputan6.com/HO/Job)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Artis Ini Pernah Pamitan Mundur dari Instagram, Ada yang Tutup Akun

Posted: 05 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan nama Cinta Laura sempat viral di media sosial Instagram. Hal ini dikarenakan foto kemesraannya bersama sang mantan kekasih yang bernama Frank Gracia tersebar luas di media sosial. Foto kemesraan yang tersebar di media sosial tersebut, diunggah langsung oleh Frank Gracia di akun Instagram pribadinya.

Akibat unggahan tersebut, Cinta Laura sempat mendapat komentar negatif dari netizen terkait foto mesranya dengan mantan kekasihnya di Instagram. Sampai saat ini Cinta Laura masih belum memberikan keterangan terkait foto mesranya tersebut.

Namun pada Jumat (5/7/2019), Cinta Laura mengumumkan bahwa dirinya akan meninggalkan media sosial khususnya Instagram. Dalam unggahan Instagramnya, Cinta Laura menjelaskan bahwa alasannya tidak menggunakan Instagram adalah karena ingin beristirahat.

Cinta Laura juga tidak menjelaskan entah sampai kapan ia akan berhenti bermain Instagram. Selain Cinta Laura, sebelumnya sudah ada beberapa artis Tanah Air yang pamitan mundur dari Instagram dengan berbagai alasan. Berikut Liputan6.com rangkum 7 artis yang pamitan mundur dari Instagram, Sabtu (6/7/2019).

1. Sarah Sechan

Acara Sarah Sechan harus tertunda gara-gara KAA

Pada tahun 2017 lalu, presenter kondang Sarah Sechan memutuskan untuk berhenti bermain media sosial, termasuk Instagram. Presenter ini mengumumkan mundur dari media sosial lewat akun Instagram miliknya.

Sarah Sechan menyebutkan dirinya ingin kembali ke kehidupannya tanpa memikirkan orang lain. Ia juga ingin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, merefleksi diri atas kegagalan dan pencapaian selama ini.

2. Dewi Perssik

Pedangdut, Dewi Perssik (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pedangdut Dewi Perssik juga pernah memutuskan untuk berhenti menggunakan Instagram. Sebelumnya akun IG milik mantan istri Saipul Jamil ini sempat diretas.

Sejak saat itu, Dewi Perssik memutuskan untuk pamit sejenak dari Instagram dan akan membuat akun baru. Namun, Dewi Perssik kembali menggunakan media sosial dengan membuat akun baru untuk Instagramnya.

3. Ariel Tatum

Ariel Tatum. (Foto: instagram.com/arieltatum)

Artis cantik Ariel Tatum pernah berhenti menggunakan akun Instagramnya. Mantan kekasih pesepak bola Ryuji Utomo ini memutuskan untuk beristirahat dari TV dan media sosial setelah berpikir matang.

Hal ini ia lakukan untuk bisa menikmati hidup tanpa harus mengurusi tentang omongan orang di akun Instagramnya.

4. Eva Celia

Ini saat mereka dengan gaya santainya. Raut wajah dan senyumannya sangat mirip, kan? (Liputan6.com/IG/@sophia_latjuba88)

Penyanyi jazz Eva Celia pernah memutuskan untuk berhenti bermain media sosial dalam rentang waktu tertentu. Keputusan Eva Celia ini digunakan untuk mendetok kehidupannya.

Sejak bermain media sosial, anak dari Sophia Latjuba ini kerap melupakan prioritas dan kehidupannya, terutama dirinya sendiri. Ia pun memutuskan untuk berhenti bermain media sosial dari 25 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018.

5. Mulan Jameela

Mulan Jameela (Deki Prayoga/Fimela.com)

Mulan Jameela dikenal sebagai salah satu artis yang paling banyak memiliki haters. Akhirnya, tak tahan dengan ribuan haters yang berkicau pedas, ia kemudian memutuskan untuk berhenti menggunakan akun Instagram sejak tahun 2016 lalu.

Kendati demikian, Mulan Jameela sudah kembali bermain Instagram dan mengunggah postingan di akunnya.

6. Cinta Laura

(Instagram/claurakiehl)

Cinta laura memutuskan untuk pamit dari Instagram. Keputusan mengejutkan ini baru kabarkan melalui unggahan terakhirnya di Instagram pada tanggal 5 Juli 2019 lalu.

Cinta Laura beralasan hal ini ia lakukan karena ingin beristirahat dan ingin lebih dekat lagi dengan orang yang ada di sekitarnya. 

Setelah tidak menggunakan media sosial, Cinta menuturkan bahwa saat ini dirinya akan lebih fokus pada pekerjaan dan orang-orang yang dicintainya.

7. Rina Nose

Rina Nose kembali dikomentari oleh warganet

Rina Nose pernah memutuskan untuk berhenti bermain Instagram untuk sementara. Mantan istri Ridwan Anwar ini memilih vakum dari Instagram karena banyak haters yang menghujat kehidupan pribadinya.

Secara tersirat, Rina Nose menjelaskan hal itu dalam unggahan terakhirnya. Rina mencoba pamit dari media sosial dengan alasan yang sangat bijaksana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Terima Penghargaan Mahadwija Praja Nugraha dari PGRI

Posted: 05 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima penghargaan tertinggi dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yaitu Mahadwija Praja Nugraha.

"Terima kasih atas pemberian penghargaan Mahadwija Praja Nugraha dari PGRI," kata Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat malam, 5 Juli 2019 seperti dikutip dari Antara

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi kepada Presiden Jokowi ketika membuka Kongres XXII PGRI di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara. 

"Atas semua komitmen, dedikasi dan perhatian yang luar biasa dalam memajukan pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia, kami PGRI menyampaikan penghargaan tertinggi Mahadwija Praja Nugaraha kepada Bapak Ir. H. Joko Widodo, Presiden RI," kata Unifah.

PGRI berharap penghargaan tertinggi para guru itu menjadi salah satu penyemangat untuk Jokowi dalam mengemban amanat sebagai Presiden RI periode kedua. 

"Ada guru di hati Bapak Presiden," kata Unifah.

Harapan Guru

Presiden Joko Widodo saat menerima pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (13/6/2019). Presiden Jokowi meminta masukan dari Apindo terkait pemerintahan ke depan, salah satunya tentang upaya peningkatan nilai ekspor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam kesempatan itu Unifah juga menyampaikan sejumlah keinginan PGRI antara lain pemerintah menetapkan PGRI sebagai organisasi profesi. 

"Mohon berkenan PGRI ditetapkan sebagai organisasi profesi guru, sama seperti tanggal 25 November yaitu hari kelahiran PGRI yang ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional," kata Unifah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perebutan Tempat Ketiga Copa America 2019: Scaloni Tegaskan Argentina Tetap Semangat

Posted: 05 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Argentina akan menghadapi Cile pada partai perebutan tempat ketiga Copa America 2019, Minggu (7/7/2019) dinihari WIB. Pelatih Argentina, Lionel Scaloni menegaskan timnya tetap bersemangat menghadapi laga ini.

"Pertandingan melawan Cile penting. Kami ingin finis sebaik mungkin. Semua pemain termotivasi," ujar Scaloni seperti dilansir Sportskeeda.

Argentina gagal melangkah ke partai puncak Copa America 2019 setelah kalah 0-2 dari Brasil di semifinal. Tak ayal, Scaloni beserta tim khusunya kapten, Lionel Messi mendapat sorotan tajam.

Scaloni diprediksi akan segera angkat kaki dari Tim Tango -julukan Argentina- karena gagal membawa timnya juara. Sementara, Messi yang berlabel pemain terbaik dunia dianggap belum sepadan dengan pendahulunya, Diego Armando Maradona.

Messi masih juga belum mempersembahkan trofi bagi Argentina di usianya yang sudah 31 tahun. Sementara, Maradona sukses menjuarai Piala Dunia 1986 saat masih aktif bermain.

Disinggung mengenai masa depannya, Scaloni cukup optimistis. Ia merasa, sudah melakukan yang terbaik bagi Argentina di Copa America 2019.

"Saya tidak merasa sedang dihakimi. Saya kira, tes saya telah usai," ujar Scaloni.

 

 

Skuat Masa Depan

Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni (Foto: AP)

Lebih lanjut, Scaloni juga yakin para pemain yang ada saat ini masih bisa bertahan untuk waktu yang lama. Pelatih berusia 41 tahun ini merasa, skuat Argentina tak akan mengalami banyak perombakan.

"Para pemain ini akan menjadi masa depan tim nasional, siapapun pelatihnya," ujar Scaloni mengakhiri.

Jadwal Perebutan Tempat Ketiga Copa America 2019

Minggu 7 Juli 2019

02.00 WIB, Argentina vs Cile, Arena Corinthians.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tips Agar Tak Tersesat saat Mendaki Gunung

Posted: 05 Jul 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa hilangnya Thoriq pendaki remaja di Bukit Piramid, Jawa Timur jadi perhatian belakangan ini. Bercermin dari kasus tersebut, para pendaki harus lakukan persiapan matang sebelum mulai pendakian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hunian Dekat Stasiun KRL Jadi Pilihan Terbaik Pencari Rumah

Posted: 05 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - KRL menjadi moda transportasi pilihan masyarakat menuju tempat aktivitas atau bekerja, karena dinilai lebih efisien dan terhindar dari kemacetan. Saat ini membeli rumah dekat stasiun kereta memang bisa dibilang pilihan yang cerdas. Selain lebih mudah dan lebih cepat ke tempat kerja, bebas macet, moda transportasi massal ini juga terbilang lebih hemat ongkos.

Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan menjelaskan, harga hunian di tengah kota Jakarta saat ini terus meroket. Sebagai contoh, untuk sebuah unit apartemen tipe studio di kawasan Fatmawati saja banderol harga jualnya sudah mulai dari Rp 1,1 miliaran. Angka ini setara dengan harga rumah semi mewah di kawasan pinggiran seperti Tangerang Selatan atau Depok.

"Oleh karena itu hunian baik perumahan ataupun apartemen yang berada dekat stasiun Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi kini menjadi incaran banyak orang karena keunggulannya tadi, harga rumahnya yang lebih terjangkau dan mudah menjangkau Jakarta," jelasnya dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (6/7/2019).

Ike menjelaskan bahwa dari empat wilayah penyangga DKI Jakarta, yang dilalui jalur KRL yakni Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, kenaikan harga paling pesat terjadi di area Depok. Depok dikenal sebagai kota komuter karena di wilayah ini terdapat setidaknya lima stasiun KRL yang menjadi bagian dari jalur commuter line Bogor menuju Jakarta dan sebaliknya. Transportasi umum commuter line ini sangat praktis karena bebas macet.

Sayangnya, perkembangan tata kota Depok yang kurang terstruktur membuat kota ini semakin lama semakin macet, terutama di sekitar area Margonda, yang menjadi jalur penghubung utama menuju Jakarta Selatan. Hal ini membuat indeks harga properti Depok sempat stagnan.

Harga properti di Depok kembali menggeliat setelah KCI mengadakan peningkatan kualitas KRL, mulai dari ketepatan waktu hingga kenyamanan. Saat ini setiap stasiun commuter line telah bebas pedagang asongan dengan sistem gerbang peron yang modern. Rangkaian gerbong pun semakin nyaman lewat peremajaan dan penambahan penyejuk udara.

Hal lain yang berdampak makin meningkatnya indeks harga properti Depok adalah pembangunan jalur tol baru seperti Depok-Antasari (Jakarta Selatan) serta Cinere-Serpong (Tangerang Selatan). Kedua tol baru ini menjadi alternatif jalur antarkota selain melalui Margonda.

Kiat Beli Rumah Dalam Waktu Singkat Setelah Menikah

Maket rumah yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kondisi keuangan setiap pasangan berbeda-beda. Ada yang sudah cukup mapan untuk langsung membeli rumah atau mendapat hibah rumah dari orang tua, tetapi ada juga yang pas-pasan sehingga harus berusaha ekstra untuk langsung punya rumah setelah menikah.

Baca juga: Panduan Lengkap Beli Hunian Pertama

Menikah saat kondisi keuangan masih pas-pasan tidak ada salahnya. Toh, rejeki bisa dicari bersama. Bagi Anda yang ingin segera memiliki rumah setelah menikah namun kondisi keuangan masih belum pas-pasan, sebaiknya anda simak tips berikut ini:

1. Simpan kado pernikahan

Sudah menjadi sesuatu yang lumrah di Indonesia, saat menghadiri pesta pernikahan para tamu akan membawa kado berupa perlengkapan rumah tangga atau amplop yang berisi sejumlah uang.

Nah, uang hasil pemberian para tamu ini sebaiknya ditabung. Kendati nominalnya tidak seberapa, tetapi paling tidak bisa menambah pundi-pundi dana untuk uang muka rumah.

2. Atur gaji bulanan

Sebelum tanggal gajian tiba, biasakanlah untuk menghitung berapa besar penghasilan yang didapat bulan ini.

Memang, nominal gaji biasanya tetap. Tapi siapa tahu bulan ini suami/istri mendapat insentif, uang lembur, atau bisa saja salah satu teman mengembalikan uang yang pernah ia pinjam.

Dari total penghasilan bulanan suami-istri, sisihkan 25-30% untuk tabungan rumah. Artinya, hanya ada 70-75% uang dari gaji yang boleh dipergunakan untuk keperluan rumah tangga.

(Mau beli rumah dengan sistem kredit? Simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Google Uji Coba Pemblokir Iklan untuk Chrome

Posted: 05 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Google dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna memblokir iklan di Chrome.

Berita di atas, menjadi berita terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Jumat (5/7/2019).

Tak cuma itu, dua berita lain yang tak kalah jadi sorotan, seperti debut pertama Vivo Z1 Pro dengan kamera selfie 32MP, dan Facebook terancam kena denda Rp 19, 8 miliar jika tak hapus ujaran kebencian di platform-nya.

Tanpa panjang lebar lagi, simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Chrome Kembangkan Pemblokir Iklan yang Bikin Browser Lelet

(ilustrasi/theverge.com)

Bagi pemilik situs web, iklan adalah sumber profit. Namun, beberapa pengguna menganggap kalau iklan itu menyebalkan.

Tentu kita juga merasa terganggu saat membuka situs web, yang kemudian muncul banyak iklan, bukan? Bahkan beberapa di antaranya membuat kinerja browsing jadi lebih lambat.

Untungnya, Google memahami keresahan warganet dan menciptakan senjata pemblokir iklan berat yang bikin browsing jadi lelet.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Vivo Z1 Pro Debut dengan Kamera Selfie 32MP

Vivo Z1 Pro (screenchot via GSM Arena)

Vivo akhirnya memulai debut smartphone terbaru, Z1 Pro, dan ditargetkan untuk konsumen Gen-Z. Secara visual, Z1 Pro terlihat mirip dengan Vivo Z5X, tapi dengan perbedaan pada chipset dan kamera depan.

Dilansir GSM Arena, Jumat (5/7/2019), Vivo Z1 Pro memiliki kamera depan beresolusi 32MP (f/2.0). Kamera depannya berada di notch, yang terletak di sudut kiri atas perangkat.

Selain itu, terdapat tiga kamera belakang dengan resolusi 16MP (f/1,78), 8MP (f/2,2), dan 2MP (f/2,4) untuk depth sensor.

Selengkapnya baca di sini

3. Tak Hapus Ujaran Kebencian, Facebook Terancam Kena Denda Rp 19,8 Miliar

Ilustrasi Facebook. Dok: theverge.com

Anggota parlemen Prancis telah menyetujui adanya aturan baru yang memaksa perusahaan-perusahaan teknologi semacam Facebook dan Google untuk menghapus konten bernada ujaran kebencian.

Mengutip laman The Verge, Jumat (5/7/2019), aturan tersebut merupakan bagian dari RUU regulasi internet yang diadopsi oleh majelis Parlemen Prancis, Kamis 4 Juli 2019.

Jika aturan ini disetujui sepenuhnya, penyedia medsos seperti Facebook hanya akan punya waktu 24 jam untuk menghapus ujaran kebencian dari platform mereka, setelah konten dianggap sebagai ujaran kebencian.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Alasan Selalu Merasa Lapar

Posted: 05 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum ada satu jam berlalu dari makan besar, rasa lapar sudah datang. Jika Anda kerap merasa seperti itu bisa jadi tadi memang kurang makan tapi ada faktor lain yang berpengaruh.

Berikut beberapa alasan yang mungkin jadi penyebab Anda mudah cepat lapar seperti dilansir Prevention, Sabtu (6/7/2019)

1. Kurang beragam makanan saat makan besar

Bisa jadi tadi saat makan hanya makan sayur dan sedikit karbohidrat saja. Padahal, agar kenyang lebih lama perlu beragam jenis makanan seperti protei, lemak sehat, dan serat seperti disampaikan dokter Alexandra Sowa dari NYU Langone Health, Amerika Serikat.

2. Stres

"Ketika stres, hormon kortisol dan ghrelin, yang membuat Anda lapar, meningka," kata Sowa.

Coba, selain memenuhi hasrat makan dengan makanan bergizi, lakukan hal-hal yang menenangkan. Seperti meditasi atau sekadar jalan santai di taman.

3. Kelelahan

Ada beberapa orang yang saat lelah malah malas makan sisanya makan lebih banyak. Rasa lapar terus menerus ketika tubuh lelah karena hormon ghrelin meningkat sementara hormon leptin yang membuat perut kenyang turun.

"Ketika tidak cukup tidur , tubuh mengartikan sebagai kondisi berbahaya, hormon stres meningkat," kata Sowa.

4. Terlalu sering lihat foto-foto makanan

Scrolling postingan Instagram soal makanan enak juga bisa membuat nafsu makan bangkit lagi.

"Semakin Anda membayangkan makanan, seperti seperti apa aroma dan rasanya, semakin Anda merasa lapar," kata Sowa.

Daripada cari makanan enak, Sowa menyarankan mengecek makanan sehat misalnya #mediterraneandiet.

 

5. Sedang bosan

"Saat sedang tidak ada kerjaan atau bosan, Anda mungkin mencari-cari sesuatu di dapur atau lemari es. Lalu, makan sesuatu yang sebenarnya Anda tidak lapar," kata pakar mindful eating Susan Alber.

6. Resisten insulin

Jika merasa selalu lapar sepanjang waktu dan tidak terkait dengan hal-hal di atas, sudahkah cek gula darah untuk mengetahui resistensi insulin atau tidak?

"Jika resisten terhadap insulin, berarti sel-sel tidak bereaksi terhadap insulin, yang membuat Anda terus merasa lapar" kata Sowa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Copa America 2019: Waspada Kejutan Laga Brasil Vs Peru

Posted: 05 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sao Paulo - Turnamen Copa America 2019 telah mencapai partai puncak atau final. Laga final mempertemukan Brasil sebagai tuan rumah, yang ditantang Peru.

Pertandingan final Copa America 2019 akan digelar di salah satu stadion legendaris dunia, Maracana. Laga berlangsung pada Senin (8/7/2019) dini hari WIB.

Brasil jelas diunggulkan untuk mengangkat trofi Copa America 2019. Selain tuan rumah, materi pemain Selecao juga dianggap lebih baik ketimbang Peru.

Philippe Coutinho dan kawan-kawan lolos ke final setelah menyingkirkan Argentina di babak semifinal. Brasil menang 2-0 atas rival abadi mereka di Amerika Selatan tersebut.

Sementara itu, Peru sesungguhnya cukup mengejutkan bisa melangkah ke final. Namun, perjalanan mereka menuju partai puncak tidak bisa diremehkan karena mampu menyingkirkan dua tim unggulan.

Sempat Bertemu

Brasil sempat bertemu Peru di penyiishan Grup A Copa America 2019. Brasil kala itu menang atas Peru 5-0. (AP Photo/Victor R. Caivano)

Peru membuat Uruguay angkat koper di babak perempat final. Lalu, giliran Chile yang mereka kirim pulang usai dihajar tiga gol tanpa balas. Oleh karena itu, Peru bisa mustahil kembali mengejutkan.

Yang menarik, di penyisihan grup Copa America 2019, Peru sempat bertemu Brasil. Kala itu Brasil menang 5-0 atas Peru. Tapi, hasil itu tidak dapat menjadi patokan untuk partai final nanti. Simak jadwal final di bawah ini.

Jadwal Final Copa America 2019

Senin 8 Juli 2019

03.00 WIB, Brasil vs Peru, Estadio do Maracana, Rio de Janeiro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Calum Scott dan Danilla Pukau Penggemar di Prambanan Jazz 2019

Posted: 05 Jul 2019 09:00 PM PDT

Penampilan Calum Scott di atas panggung Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Pelantun tembang hits berjudul 'You Are The Reason' itu mengaku antusias bisa kembali menyapa penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan Calum Scott di atas panggung Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Pelantun tembang hits berjudul 'You Are The Reason' itu mengaku antusias bisa kembali menyapa penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung penyanyi solo asal Inggris, Calum Scott selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Calum Scott menghentak panggung PJF 2019 lewat lantunan lagu Only Human. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung penyanyi solo asal Inggris, Calum Scott selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Calum Scott menghentak panggung PJF 2019 lewat lantunan lagu Only Human. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Calum Scott saat tampil dalam Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Penyanyi solo asal Inggris ini sukses memukau ribuan pasang mata lewat 15 lagu yang ia bawakan. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Calum Scott saat tampil dalam Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Penyanyi solo asal Inggris ini sukses memukau ribuan pasang mata lewat 15 lagu yang ia bawakan. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan Calum Scott di atas panggung Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Pelantun tembang hits berjudul 'You Are The Reason' itu mengaku antusias bisa kembali menyapa penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan Calum Scott di atas panggung Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Pelantun tembang hits berjudul 'You Are The Reason' itu mengaku antusias bisa kembali menyapa penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung penyanyi solo asal Inggris, Calum Scott selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Calum Scott menghentak panggung PJF 2019 lewat lantunan lagu Only Human. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung penyanyi solo asal Inggris, Calum Scott selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Calum Scott menghentak panggung PJF 2019 lewat lantunan lagu Only Human. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penyanyi Danilla Riyadi beraksi memainkan gitarnya di atas panggung Prambanan Jazz Festival 2019 di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (5/7/2019). Danilla Riyadi Membuka aksinya dengan Laguland. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penyanyi Danilla Riyadi beraksi memainkan gitarnya di atas panggung Prambanan Jazz Festival 2019 di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (5/7/2019). Danilla Riyadi Membuka aksinya dengan Laguland. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan solois asal Jakarta Danilla Riyadi selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Danilla Riyadi menyajikan lagu seperti Berdistraksi, Ada di Sana dan AAA. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan solois asal Jakarta Danilla Riyadi selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Danilla Riyadi menyajikan lagu seperti Berdistraksi, Ada di Sana dan AAA. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung Danilla Riyadi selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Danilla menuntaskan penampilan perdananya di Prambanan Jazz 2019 dengan lagu Ini dan Itu. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung Danilla Riyadi selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Danilla menuntaskan penampilan perdananya di Prambanan Jazz 2019 dengan lagu Ini dan Itu. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Danilla Riyadi di atas panggung Prambanan Jazz Festival 2019 di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (5/7/2019). Selain Danilla, hari pertama Prambanan Jazz 2019 juga menampilkan musisi muda lain seperti Sisitipsi, GAC, Calvin Jeremy, Ardhito Pramono dan Galabby. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Danilla Riyadi di atas panggung Prambanan Jazz Festival 2019 di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (5/7/2019). Selain Danilla, hari pertama Prambanan Jazz 2019 juga menampilkan musisi muda lain seperti Sisitipsi, GAC, Calvin Jeremy, Ardhito Pramono dan Galabby. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan solois asal Jakarta Danilla Riyadi selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Prambanan Jazz 2019 digelar selama tiga hari yaitu 5-7 Juli. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan solois asal Jakarta Danilla Riyadi selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). Prambanan Jazz 2019 digelar selama tiga hari yaitu 5-7 Juli. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung Danilla Riyadi selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung Danilla Riyadi selama Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (5/7/2019). (Fimela.com/Bambang E. Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bejat, Guru Tega Cabuli 30 Muridnya

Posted: 05 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang guru di Lamongan, Jawa Timur lakukan tindak asusila pada muridnya sendiri. Tak tanggung-tanggung, jumlah korbannya mencapai 30 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Orang yang Pernah Berseteru dengan Barbie Kumalasari

Posted: 05 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Barbie Kumalasari akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. Bukan karena prestasinya, melainkan perseteruannya dengan berbagai pihak.

Diketahui, baru-baru ini suami Barbie Kumalasari, Galih Ginanjar, berseteru dengan mantan istrinya, Fairuz A Rafiq. Lantaran Galih secara gamblang mengungkapkan sisi negatif dari Fairuz A Rafiq di muka publik dengan bahasa yang tidak pantas.

Sebagai seorang istri, Kumalasari tentunya memihak kepada Galih Ginanjar. Hal itu membuatnya secara tidak langsung juga turut terseret masuk ke dalam perseteruan ini.

Demi mendukung suaminya, Barbie Kumalasari mengaku sudah mengerahkan beberapa pengacara senior. Ia mengaku senang karena mereka siap turun tangan membantu Galih Ginanjar dalam kasusnya ini.

Selain berseteru dengan Fairuz, Barbie Kumalasari sempat berselisih dengan berbagai pihak. berikut kami rangkum beberapa pihak yang pernah berseteru dengan Barbie Kumalasari.

1. Hotman Paris

Preskon film Stop Bullying (Adrian Putra/bintang.com)

Hotman Paris, pengacara kondang yang terkenal kaya raya dan bergelimang harta, baru-baru ini menyentil Barbie Kumalasari.

Diketahui, Barbie Kumalasari sering tampil dengan memamerkan sejumlah perhiasannya kepada publik. Hotman Paris pun meragukan keaslian berlian milik Barbie Kumalasari itu.

Sebelumnya, Barbie Kumalasari mengaku memiliki berlian 30 karat saat diwawancarai Jessica Iskandar untuk kanal YouTube Jessica pada April lalu.

Hotman yang penasaran dengan keaslian berlian itu, akhirnya memberi tantangan kepada Barbie kumalasari untuk membuktikan apakah berlian itu asli atau tidak. Ia menantang Kumalasari untuk datang ke salah satu mal di kawasan Kelapa Gading untuk menguji keaslian berlian tersebut.

"Mau enggak lu bikin pertandingan? Kita kasih uang, asalkan berlian 30 karat dibawa ke Mal 3 Kelapa Gading miliknya itu dites. Coba ya bagi wanita terkait kasus Fairuz yang mengaku punya berlian 30 karat, kita tes di sana kalau benaran dan kelasnya bagus," ucap Hotman Paris dalam rekaman tersebut.

2. Nikita Mirzani

Kabar transfer uang kepada anaknya itu dibantah oleh ibu dua anak tersebut. Menurut pengacaranya, Sajad Ukra menstransfer uang untuk anaknya Azka Raqilla Ukra sebanyak Rp. 102 juta. (Daniel Kampua/Bintang.com)

Selain Hotman Paris, aktris kontroversial Nikita Mirzani juga sempat berseteru dengan Barbie Kumalasari. Artis yang akrab dengan sebutan Niki ini bahkan sangat menunjukkan ketidaksukaannya kepada Barbie Kumalasari.

Dalam suatu program acara, Nikita Mirzani sempat menyebut Barbie Kumalasari dengan julukan 'Sok Cantik' lantaran Kumalasari tidak mau mengangkat telepon saat dihubungi pihak penyelenggara acara.

Tidak hanya itu, Nikita Mirzani sempat menyindir seseorang tanpa menyebut nama. Namun, ia mengatakan bahwa orang yang ia maksud tidak cocok dipanggil Barbie dan lebih cocok dipanggil Ijah.

Ucapan Nikita Mirzani ini membuat publik berspekuliasi bahwa orang yang ia maksud merupakan Kumalasari. Lantaran Kumalasari menyematkan kata Barbie di awal namanya. Kumalasari juga sempat berperan sebagai pembantu di film yang dibintanginya dahulu.

3. Rosa Meldianti

Rosa Meldianti atau yang akrab disapa Meldi mendatangi Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (6/11). Meldi melaporkan balik pedangdut yang juga tantenya, Dewi Perssik atas tuduhan telah melakukan pencemaran nama baik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barbie Kumalasari juga pernah dibuat jengkel oleh Rosa Meldianti. Kumala mengaku kesal dengan sikap dan perilaku artis yang akrab dengan sapaan Meldi ini. Ia menilai Meldi sangat tidak sopan kepadanya.

Kekesalan Barbie Kumalasari kepada Meldi diawali ketika Barbie Kumalasari menghadiri sebuah ajang penghargaan selebriti yang juga dihadiri Meldi.

Saat Barbie Kumalasari ingin berfoto dengan beberapa artis lain seperti Irma Darmawangsa dan Anwar Fuadi, tiba-tiba saja Meldi ikut berfoto. Sontak Kumalasari bingung dengan perilaku Meldi tersebut lantaran dirinya merasa tidak mengenal keponakan Dewi Perssik itu.

Hal lain yang membuat Barbie Kumalasari lebih geram adalah sikap Meldi yang sangat ketus kepadanya.

4. Wulan Yee

Wulan Yee (Deki Prayoga/Fimela.com)

Barbie Kumalasari sempat geram ketika barang-barang berharga miliknya dianggap tiruan alias KW oleh seorang pedangdut bernama Wulan Yee. Bahkan tak tanggung-tanggung, Barbie Kumalasari sempat melabrak Wulan Yee yang sedang berolahraga di kawasan Senayan, pada April 2019 lalu.

Barbie Kumalasari sempat mengatakan akan melaporkan Wulan Yee kepada pihak kepolisian. Namun nampaknya niat tersebut tak kunjung direalisasikan olehnya hingga saat ini.

5. Ibunya Sendiri

Barbie Kumalasari. (Instagram/febio_hernanto)

Barbie Kumalasari sempat dituduh menelantarkan ibu yang sudah melahirkannya. Lantaran video ibunya, Della, yang sempat viral di dunia maya.

Sang ibu nampak marah dan membeberkan bagaimana perlakuan Barbie Kumalasari kepadanya selama ini. Ia bahkan mengaku hanya diberi 500 ribu perbulan oleh istri Galih Ginanjar itu.

Semenjak beredarnya video ibunya itu, Barbie Kumalasari mengakui bahwa dirinya memang sering bertengkar dengan sang ibunda sejak kecil. Selain itu, ia juga mengaku sering melontarkan kata-kata kasar kepada ibundanya. (Nurul Hasanah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 7,1 Guncang California AS, Terbesar dalam 20 Tahun

Posted: 05 Jul 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, California - Gempa bermagnitudo 7,1 melanda California Selatan pada Jumat malam waktu setempat, 5 Juli 2019. Lindu itu adalah kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari dua hari, di mana pada Kamis 4 Juli daerah yang sama mengalami guncangan magnitudo 6,2.

Pusat gempa terletak di dekat Kota Ridgecrest, Negara Bagian California AS, sekitar 100 mil dari Los Angeles, lapor portal berita daring LA Times dikutip Sabtu (6/7/2019). Guncangan ini merupakan yang terbesar dalam hampir 20 tahun di tempat itu.

Pasca-gempa primer yang terjadi pada Kamis, 4 Juli 2019, telah terdapat kerusakan kecil di sekitar pusat gempa. Saat itu, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa lindu 6,2 yang terjadi dapat memicu guncangan yang lebih besar.

Kota Ridgecrest telah diguncang oleh banyak gempa susulan pada beberapa hari terakhir, termasuk yang berkekuatan 5,4 - sebelum lindu 7,1 menghantam.

Gempa yang terakhir ini berkekuatan lebih besar dari pada lindu yang menghantam wilayah Northridge pada 1994, yang sangat merusak. Saat itu, gempa hanya berkekuatan 6,6 namun terjadi di daerah perkotaan.

Gempa sebesar apa yang menghantam pada Jumat malam, pernah terjadi pada 1999 silam, di daerah Tambang Hector di Gurun Mojave. Karena jaraknya yang jauh dari Los Angeles, saat itu guncangan tidak menyebabkan kerusakan besar.

Gempa Sebelumnya

Gempa berkekuatan 5,2 SR guncang Malang, Jawa Timur pada Rabu, 8 Agustus 2018. (Ilustrasi: iStockphoto)

Sementara itu, gempa magnitudo 6,4 yang mengguncang Kota Ridgecrest pada Kamis 4 Juli 2019 telah menyebabkan kerusakan dan kebakaran.

Episentrum gempa bermagnitudo 6,4 itu berada di dekat Kota Ridgecrest, yang berjarak sekitar 240 km timur laut Los Angeles.

Petugas pemadam kebakaran memberikan bantuan medis dan menangani kebakaran di dalam dan sekitar kota yang terjadi pada Jumat 5 Juli, atau sehari usai gempa mengguncang.

Orang-orang dari Gurun Mojave hingga pesisir pantai Pasifik melaporkan merasakan gempa tersebut, yang melanda pada Hari Kemerdekaan AS atau 4th of July.

Ada kerusakan signifikan di Ridgecrest, yang terletak di barat daya pusat gempa, kata ahli geofisika setempat, Profesor John Rundle kepada BBC.

Dia menambahkan, beruntung gempa terjadi jauh dari pusat populasi besar di kota-kota California.

Rumah Sakit Regional Ridgecrest dievakuasi, kata Departemen Pemadam Kebakaran Kern Conty (kabupaten). Layanan itu telah menanggapi hampir dua lusin insiden mulai dari bantuan medis untuk cedera ringan hingga kebakaran.

Gempa susulan telah diramalkan oleh Lucy Jones, seismolog dari US Geological Survey (USGS) pada Jumat pagi. Jones mengatakan kemungkinan akan ada sejumlah gempa susulan di wilayah California, dengan beberapa diperkirakan memiliki magnitudo kuat.

Simak pula video berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coutinho Ngotot Bertahan di Barcelona

Posted: 05 Jul 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Agen dari Philippe Coutinho, Kia Joorabchian, menyatakan kalau kliennya tak berminat hengkang dari Barcelona. Joorabchian juga mengatakan kalau tidak ada kontak antara Coutinho dengan PSG.

Coutinho disebut ingin meninggalkan Barcelona setelah tak mendapat kepercayaan untuk menjadi pemain reguler. Sejumlah klub dikaitkan dengan Coutinho, termasuk PSG dan Manchester United.

PSG menjadi kandidat terkuat karena Barcelona berniat memboyong Neymar. Coutinho disebut akan menjadi bagian dari pembelian Neymar.

Namun, Joorabchian mengatakan hal yang sebaliknya.

"Tidak ada rencana untuk pindah ke PSG. Coutinho masih ingin bertahan di Barcelona," ujar Joorabchian.

"Ia akan membuktikan kualitasnya bersama klub tersebut," ujar Joorabchian.

Barcelona disebut siap melepas Coutinho jika mendapat tawaran yang cocok. Mereka mengeluarkan biaya sebesar 142 juta pound ketika memboyongnya dari Liverpool pada Januari 2018.

Barcelonadisebut malebeli Coutinho dengan harga 80 juta pounds.

Tergusur Antoine Griezmann

Philippe Coutinho. (AFP/Gabriel Bouys)

Pada musim 2018-19, Coutinho menjadi pilihan kedua setelah Ousmane Dembele di lini depan Barcelona. Kondisi itu membuat Coutinho merasa tidak nyaman.

Jika Barcelona bisa mengamankan jasa Antoine Griezmann. Peluang Coutinho untuk menjadi pilihan utama kembali terancam.

Hengkang dari Barcelona bisa menjadi opsi paling positif untuk Coutinho.

Sumber: Metro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segudang Manfaat Tahu bagi Kesehatan dan Pahami Cara Memilihnya yang Baik

Posted: 05 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tahu bagi kesehatan ternyata ada begitu banyak. Tahu merupakan ragam bahan makanan yang berasal dari olahan kedelai. Namun siapa sangka, bahan makanan yang memiliki segudang nutrisi ini mengalami proses pembuatan dengan waktu cukup lama. Walaupun proses pembuatannya yang panjang, namun tahu ini memiliki harga yang ramah di kantong.

Tak hanya murah, ternyata bahan makanan sederhana ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Memang, belum banyak yang mengetahui segudang manfaat tahu ini. Untuk mendapatkan manfaat tahu ini, kamu juga tak boleh sembarangan dalam memilih tahu.

Sebelum mengonsumsinya, kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu kondisi tahu yang baik agar mendapatkan manfaat seutuhnya dari tahu. Karena kini banyak oknum nakal yang kerap mencampurkan bahan-bahan tidak baik ke dalam campuran tahu.

Oleh karena itu agar kamu bisa mendapatkan manfaat utuh dari tahu, kamu perlu menyimak ulasan ini. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat tahu yang bisa kamu dapatkan serta cara memilih tahu yang baik, Sabtu (6/7/2019).

Manfaat Tahu bagi Kesehatan

Kanker / Sumber: iStockphoto

Mengurangi Risiko Kanker

Pada tahu mengandung isoflavon. Ini merupakan kandungan berupa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang kedelai dan produk olahan kacang kedelai, termasukktahu, bisa menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker usus besar atau kolorektal, dan kanker payudara.

Meringankan Gejala Menopouse

Manfaat tahu yang bisa didapatkan lainnya adalah bisa bantu meringankan gejala menopause. Hal ini dikarenakan adanya senyawa organik di dalam tahu, isoflavon. Senyawa inilah yang sangat berperan dalam membantu mengatasi gejala menopause pada perempuan.

Isoflavon merupakan senyawa berbasis tanaman yang meniru hormone estrogen dalam tubuh. Maka tak heran kalau tahu bisa membantu menstabilkan kadar estrogen saat menopause dan juga memberikan kelegaan dari hot flashes atau perasaan demam panas tiba-tiba yang bisa muncul pada gejala menopause.

Manfaat Tahu bagi Kesehatan

Penyakit Ginjal / Sumber: iStockphoto

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Tahu memiliki kandungan protein yang tidak kalah tinggi. Maka tak heran kalau tahu bisa menggantikan sumber protein hewani dalam menu makanan. Kandungan protein nabati yang ada di dalam tahu juga berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan risiko aterosklerosis.

Selain itu, zat aktif di dalam kedelai dan tahu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Oleh karena itu, mengonsumsi produk kedelai secara teratur seperti tahu ini dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh di dalam tubuh. Hal inilah yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baik untuk Fungsi Ginjal

Protein yang terkandung di dalam kedelai penting untuk kamu yang sedang menjalani cuci darah atau transplantasi ginjal. Ya, manfaat tahu juga dapat meningkatkan fungsi ginjal.

Pada sebuah analisa dari Sembilan kali percobaan menunjukkan efek positif kedelai bagi penderita ginjal kronis. Ya, hal ini dikarenakan adanya kandungan protein di dalamnya.

Manfaat Tahu bagi Kesehatan

Osteoporosis / Sumber: iStockphoto

Diabetes Tipe 2

Pada penderita diabetes tipe 2 kerap mengalami penyakit ginjal, menyebabkan tubuh mengeluarkan protein yang berlebihan dalam urine. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa orang yang hanya mengonsumsi protein kedelai dapat mengeluarkan lebih sedikit protein daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein hewani.

Maka dari itu, manfaat tahu ini baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Baik untuk Fungsi Otak dan Elastisitas Kulit

Kandungan isoflavon dan lecithin pada tahu juga diduga memiliki pengaruh baik terhadap fungsi otak dan ingatan. Selain itu, isoflavon secara signifikan mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mencegah Osteoporosis

Selain memiliki senyawa isoflavon, tahu juga memiliki kandungan kalsium yang sangat kaya. Kalsium merupakan bahan utama untuk pembentukan tulang. Bila kamu kekurangan asupan kalsium, maka akan mudah menyebabkan osteoporosis terutama di usia tua.

Kamu bisa mendapatkan kandungan kalisum melalui tahu ini. Tahu disarankan untuk masa pertumbuhan anak dan juga bagi orang dewasa. Rutin mengonsumsi tahu dapat memperlambat pengeroposan tulang dan menjaga tulang tetap kuat.

Tips Memilih Tahu yang Baik

Tahu / Sumber: iStockphoto

Itu tadi beberapa manfaat tahu untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Tak terduga sekali, kan. Nah, agar kamu tak kehilangan manfaat tahu tersebut, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara memilih tahu yang baik.

Ya, banyaknya penikmat tahu karena murah dan memiliki banyak manfaat, membuat permintaan tahu di pasaran semakin tinggi. Permintaan tahu yang melonjak, tak jarang membuat penjual atau produsen tahu berlaku curang. Salah satunya adalah dengan memberikan formalin dan pewarna buatan.

Hal ini dilakukan untuk membuat tahu semakin menarik dan tahan lama tentunya. Namun, penambahan bahan-bahan tersebut tidaklah baik, bisa mengurangi manfaat tahu. Oleh karena itu, agar kamu bisa tetap merasakan manfaat tahu dengan sempurna, penting untuk mengetahui beberapa cara memilih tahu yang baik untuk dikonsumsi.

1. Pada tahu yang berformalim, memiliki bau seperti obat. Sedangkan pada tahu normal memiliki aroma khas protein kedelai dan sedikit asam karena adanya proses fermentasi.

2. Tahu dengan formalin akan terasa lebih kenyal dank eras bila ditekan menggunakan jari. Sedangkan tahu dengan kualitas baik, akan mudah hancur saat ditekan.

3. Penggunaan formalin pada tahu akan bertahan selama tiga hari. Lain halnya dengan tahu tanpa pengawet atau formalin, yang hanya bertahan selama 24 jam saja. Setelah itu, tahu yang baik akan terasa asam dan rusak.

4. Pada tahu yang menggunakan pewarna buatan akan berwarna kuning hingga bagian tengahnya saat dibelah. Berbeda dengan tahu yang menggunakan pewarna dari kunyit. Tahu yang menggunakan kunyit sebagai pewarnanya akan memiliki warna kuning pada bagian permukaannya saja, tidak sampai ke tengah. Bagain tengah tahu akan tetap berwarna putih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Jadi Wapres, Ma'ruf Amin Siap Ubah Gaya Busana

Posted: 05 Jul 2019 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maruf Amin sudah dipastikan mendampingi Joko Widodo alias Jokowi memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan. Pada Pilpres 2019 lalu, pasangan nomor urut 01 ini mengungguli Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Sebagai seorang pemimpin negara, kemungkinan Maruf Amin akan dituntut untuk mengubah gaya berpakaiannya dalam beberapa kesempatan. Maruf yang terbiasa dengan busana muslim termasuk kain sarung ini mengaku siap jika harus mengenakan celana.

"Saya sudah memakai sarung (untuk waktu yang lama), jadi nyaman, tapi saya bisa memakai celana. Saya siap memakai celana," ujar Maruf Amin saat mengunjungi Jusuf Kala beberapa waktu lalu.

Maruf memastikan, dirinya akan baik-baik saja jika harus mengubah gaya berpakaiannya dalam beberapa kesempatan jika sudah dilantik menjadi wakil presiden pada Oktober 2019 mendatang. Namun hingga saat itu dirinya belum diminta meninggalkan gaya khas berpakaiannya.

"Lihat saja. Sampai hari ini, saya masih mengenakan sarung. Saya belum diberitahu untuk tidak melakukannya," ujar Ma'ruf.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Final Copa America 2019, Brasil Masih Rindukan Neymar

Posted: 05 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Brasil akan menghadapi Peru pada Final Copa America 2019 di stadion Maracana, Minggu (7/7/2019). Jelang pertandingan, absennya Neymar dari skuat Selecao -julukan Brasil- kembali menjadi perbincangan.

Gelandang Brasil, Casemiro pun angkat bicara terkait hal tersebut. Ia mengatakan, Brasil punya banyak pemain hebat sembari tetap memuji kualitas Neymar.

"Kualitas Neymar tidak diragukan lagi kita harus mengatakan dia pemain Brasil terbaik. Tetapi tentu saja, kami punya banyak pemain hebat lainnya," ujar Casemiro seperti dilansir Sportskeeda.

Seperti diketahui, Neymar terpaksa absen membela Brasil di Copa America 2019 akibat cedera. Hal itu didapat Neymar ketika Brasil berujicoba melawan Qatar jelang turnamen berlangsung.

Tempat Neymar pun digantikan oleh gelandang Chelsea, Willian. Ia juga memakai nomor punggung 10 yang ditinggalkan Neymar.

Brasil sendiri lolos ke final Copa America 2019 usai menyingkirkan rival abadinya, Argentina dengan skor 2-0. Selecao terakhir kali juara Copa America pada 2007.

 

 

Bakal Lebih Baik

Pemain Argentina Lionel Messi (dua kiri) berebut bola dengan pemain Brazil Philippe Coutinho saat semifinal Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Selasa (2/7/2019). Brasil lolos ke final Copa America 2019 setelah menghajar Argentina 2-0. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Casemiro menambahkan, Neymar telah berbuat banyak bagi Brasil. Dengan kualitasnya, Casemiro yakin Neymar bukanlah pemain yang mudah dihentikan dan akan banyak membantu tim.

Ia pun menilai, Neymar akan berdampak signifikan jika ada dalam skuat Brasil di Copa America 2019. "Jika Neymar di sini, itu akan lebih baik bagi kami dan akan membantu," ujar Casemiro mengakhiri

Jadwal Final Copa America 2019

Senin 8 Juli 2019

03.00 WIB, Brasil vs Peru, stadion Maracana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral di Media Sosial, 7 Meme Biawak Panjat Pagar Ini Bikin Ngakak

Posted: 05 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, masyarakat Indonesia dibuat heboh oleh postingan sebuah akun Twitter di mana memperlihatkan seekor biawak sedang berusaha untuk memanjat pagar sebuah rumah. Dalam unggahan tersebut terlihat jelas seekor biawak merangkak naik melewati pagar rumah warga.

Namun, kejadian biawak berukuran besar tengah memanjat pagar rumah warga tidaklah terjadi di Indonesia. Foto yang diunggah oleh akun Twitter @nyombek menjelaskan bahwa kejadian tersebut berlangsung di Distrik Batu Pahat, Johor, Malaysia Kamis (4/7/2019) lalu.

Biawak tersebut berukuran sangat besar dari biasanya, sehingga banyak yang menyebut hewan itu mirip seperti komodo sampai godzilla. Namun di Indonesia, warganet malah mempertanyakan tentang kebenaran kadal raksasa itu.

Meski kalau lihat secara langsung bakalan ngeri banget, Nnmun di dunia maya warganet ramai menjadikan foto tersebut jadi berbagai kreasi meme. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 7 meme biawak panjat pagar yang viral di media sosial dan bikin ngakak, Sabtu (6/7/2019).

1. Siapa tadi yang pesan Go Food? Driver ojolnya sudah di depan!

Viral di Media Sosial, Meme Biawak Panjat Pagar Ini Bikin Ngakak (sumber:Twitter/@mmademoiseIIe)

2. Ternyata fans berat JKT48, rela manjat nih biawaknya

Viral di Media Sosial, Meme Biawak Panjat Pagar Ini Bikin Ngakak (sumber:Twitter/@RSJkertanegara)

3. Permisi, ada yang mau belanja sayur enggak?

Viral di Media Sosial, Meme Biawak Panjat Pagar Ini Bikin Ngakak (sumber:Twitter/@RSJkertanegara)

4. Dodi lagi belajar, enggak boleh main dulu ya

Viral di Media Sosial, Meme Biawak Panjat Pagar Ini Bikin Ngakak (sumber:Twitter/@cogitoergotsum)

5. Ampun, saya tidak bersalah!

Viral di Media Sosial, Meme Biawak Panjat Pagar Ini Bikin Ngakak (sumber:Twitter/@cogitoergotsum)

6. Jamu buat menurukan berat badan ada enggak?

Viral di Media Sosial, Meme Biawak Panjat Pagar Ini Bikin Ngakak (sumber:Twitter/@DiahSusanty1)

7. Ya ampun kasihan, telat nih ceritanya sampai harus manjat pagar

Viral di Media Sosial, Meme Biawak Panjat Pagar Ini Bikin Ngakak (sumber:Twitter/@Nukhfi_Arfianto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Borneo FC vs Persija: Habis-habisan di Segiri

Posted: 05 Jul 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Kalah pada leg pertama dari Persija Jakarta tak membuat peluang Borneo FC untuk melaju ke final Piala Indonesia 2018 sirna. Mereka hanya membutuhkan kemenangan 1-0 pada laga leg kedua untuk lolos final Piala Indonesia 2018.

Pertandingan leg kedua ini akan dimainkan di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (6/7/2019).

Pelatih Borneo FC, Mario Gomez, menyebut tim asuhannya tak gentar meladeni permainan Persija. Bahkan, Gomez menegaskan timnya sangat berambisi untuk menjadi kampiun di turnamen ini.

"Pemain kami punya motivasi tinggi pada laga ini. Mereka punya tekad yang besar untuk menjadi juara di turnamen ini dengan sasaran bisa berkiprah di Piala AFC. Kami yakin bisa meraih kemenangan karena kami diuntungkan sebagai tuan rumah," ujar Gomez.

Pertandingan ini menjadi pertemuan ke-10 sepanjang sejarah. Persija masih dominan dengan tujuh kemenangan, sedangkan Borneo FC meraih dua kemenangan.

Di sisi lain, Persija menyambangi markas Borneo FC dengan kepercayaan diri tinggi. Pasukan Julio Banuelos meraih kemenangan perdana di Shopee Liga 1 2019 ketika mengalahkan PSS Sleman dengan skor 1-0 (3/7/2019).

Jadi, bisa dipastikan pemain Persija tengah dalam suasana hati yang bagus dalam laga nanti. Secara matematis, Persija lebih punya modal untuk melaju ke  final Piala Indonesia.

Macan Kemayoran lebih diunggulkan karena mampu menang 2-1 pada pertemuan pertama. Hal ini berarti Persija sejatinya hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa melaju ke babak selanjutnya.

Pelatih Julio Banuelos menegaskan tim asuhannya dalam kondisi siap. Menurut Banuelos, Persija siap tampil maksimal demi memenangi pertandingan.

"Kami sangat siap. Tidak ada kendala untuk laga ini. Kami datang ke Samarinda untuk memberikan penampilan yang terbaik. Kami ingin memenangi pertandingan. Itu tujuan kami," kata Banuelos.

Meski demikian, Persija tentu tak boleh memandang sebelah mata kekuatan Borneo FC. Laga nanti sangat menguntungkan buat tim Pesut Etam karena bermain di hadapan pendukungnya.

 

Data-Fakta

Prakiraan Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Argawinata (kiper), Diego Michiels, Jan Lammers, Wildansyah, Abdul Rachman (belakang), Asri Akbar, Rifal Lastori, Dirga Lasut (tengah), Terens Puhiri, Ambrizal Umanailo, Matias Conti (depan)

Pelatih: Mario Gomez (Argentina)

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Ismed Sofyan, Dany Saputra, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto (belakang), Novri Setiawan, Rohit Chand, Yan Pieter (tengah), Feby Eka Putra, Riko Simanjuntak, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos (Spanyol)

Head to head

  • 29/6/2019 - Persija Jakarta 2-1 Borneo FC (Piala Indonesia 2018)
  • 5/3/2019 - Persija Jakarta 5-0 Borneo FC (Piala Presiden 2019)
  • 12/9/2018 - Borneo FC 0-1 Persija Jakarta (Liga 1 2018)
  • 14/4/2018 - Persija Jakarta 2-0 Borneo FC (Liga 1 2018)
  • 24/1/2018 - Borneo FC 0-2 Persija Jakarta (Piala Presiden 2018)

Lima pertandingan terakhir Borneo FC

  • 3/7/2019 - Kalteng Putra 0-1 Borneo FC (Liga 1 2019)
  • 23/6/2019 - Borneo FC 1-2 Persebaya Surabaya (Liga 1 2019)
  • 28/5/2019 - Madura United 3-0 Borneo FC (Liga 1 2019)
  • 22/5/2019 - Borneo FC 2-0 Arema FC (Liga 1 2019)
  • 16/5/2019 - Borneo FC 1-1 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)

Lima pertandingan terakhir Persija Jakarta

  1. 3/7/2019 - Persija Jakarta 1-0 PSS Sleman (Liga 1 2019)
  2. 22/6/2019 - Persela Lamongan 0-0 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  3. 31/5/2019 - Bali United 1-0 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  4. 26/5/2019 - PSIS Semarang 2-1 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  5. 20/5/2019 - Barito Putera 1-1 Persija Jakarta (Liga 1 2019)

Prediksi Bola.com

Borneo FC 50-50 Persija Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, 10 Juta Pengguna Android Instal Aplikasi Samsung Palsu

Posted: 05 Jul 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, muncul sebuah aplikasi Android yang menjanjikan pengguna perangkat Samsung mendapatkan pembaruan firmware dan keamanan.

Namun pada kenyataanya, aplikasi yang bernama 'Update for Samsung' itu bakal mengarahkan pengguna ke sebuah laman penuh dengan iklan.

Tak hanya itu, pembuat aplikasi Samsung palsu itu juga bakal menagih bayaran bilamana pengguna Android ingin mengunduh update firmware.

Mengutip laporan Aleksejs Kuprins, CSIS Security Group via The Next Web, Sabtu (6/7/2019), aplikasi 'Update for Samsung' ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

"Selain penuh dengan iklan dan tidak berafiliasi dengan Samsung, aplikasi ini menawarkan layanan langganan berbayar untuk bisa mengunduh firmware yang dimaksud," tulis Kuprins.

Ia menambahkan, "Pengguna bisa berlangganan setahun untuk bisa men-download update firmware Samsung seharga Rp 492 ribu, padahal pembaruan firmware itu gratis."

Informasi, aplikasi Android palsu seperti ini tidak hanya menipu kamu untuk mendapatkan uang dengan cepat, tetapi juga berpotensi mencuri data pribadi.

Berkaca dengan semakin maraknya peredaran aplikasi palsu dan berbahaya, Google memang harus meningkatkan keamanan di Play Store untuk menghindari semakin menjamurnya aplikasi-aplikasi semacam itu.

Deretan Aplikasi Berbahaya Jadi Masalah Utama Android

Mazar, malware yang mampu hapus data smartphone lewat SMS (Foto: PhoneArena)

Sebuah studi yang dilaksanakan dua tahun berturut-turut mengungkap masalah utama pada Android.

Hasil studi tersebut mengungkap, aplikasi-aplikasi berbahaya merupakan masalah signifikan yang ada pada Android. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Softpedia, Rabu (26/6/2019).

Padahal, Google telah melakukan berbagia hal untuk meningkatkan keamanan bagi penggunanya.

Tim peneliti dari Data61, bagian dari University of Sidney dan Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) membuat sistem analisis aplikasi canggih yang mengandalkan jaringan bernama convolutional untuk memindai aplikasi dan menentukan kesamaan, termasuk ikon aplikasi.

Aplikasi-aplikasi berbahaya, termasuk kloningan yang berupaya melakukan metode scam terhadap pengguna maupun perangkat, biasanya memakai ikon yang menyerupai aplikasi populer guna menipu pengguna supaya mau mengunduhnya.

Penelitian ini juga bergantung pada performa pemindaian anti-malware VirusTotal, termasuk pemeriksaan izin dan pustaka iklan pihak ketiga untuk melihat aplikasi yang merusak perangkat yang dipasangi. 

Terlalu Banyak Aplikasi Berbahaya

Android malware (ist.)

Hasil penelitian tersebut, dari satu juta aplikasi yang diperiksa, ada sekitar 50 ribu aplikasi yang menyertakan kesamaan dengan aplikasi populer di Play Store.

"Kami menemukan 2.040 pemalsuan potensial yang mengandung malware dalam 49.608 aplikasi yang menunjukkan kemiripan tinggi dengan salah satu dari 10 ribu aplikasi populer teratas di Google Play Store," kata penelitian tersebut.

Tidak hanya itu, tim peneliti juga menemukan 1.565 pemalsuan potensial yang meminta lima izin berbahaya tambahan dari aplikasi asli.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Piala Dunia Wanita: Amerika Serikat Vs Belanda

Posted: 05 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Piala Dunia Wanita 2019 telah memasuki partai final. Juara bertahan, Amerika Serikat (AS) akan ditantang Belanda, Minggu (7/7/2019) di Groupama Stadium. Laga ini diprediksi bakal berlangsung seru.

Pasalnya, Amerika Serikat (AS) dan Belanda sama-sama kerap bermain menyerang dalam pertandingan mereka. AS bakal mengandalkan Alex Morgan untuk mendobrak pertahanan Belanda.

Morgan sejauh ini menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia Wanita 2019 dengan lima gol. Torehan itu sama dengan bomber Australia, Samantha Kerr.

Namun Morgan berkesempatan melampaui catatan itu andai ia mencetak gol di partai puncak melawan Belanda. Untuk itu, ia harus bekerja keras lantaran Belanda memiliki pertahanan yang kuat.

Di Piala Dunia Wanita 2019 Belanda baru kebobolan tiga gol. Kolektivitas menjadi kunci permainan Jackie Groenen dan kawan-kawan.

Ya, Belanda boleh dibilang tak bertumpu kepada satu pemain untuk mencetak gol ke gawang lawan. Itu terlihat dari tak adanya pemain mereka yang bertengger di daftar pencetak gol terbanyak.

Berikut Jadwal Final Piala Dunia Wanita 2019

Jadwal Final Piala Dunia Wanita 2019

Gelandang timnas putri Belanda Jackie Groenen merayakan gol ke gawang Swedia pada semifinal Piala Dunia Wanita di Stade de Lyon, Rabu (3/7/2019) atau Kamis dini hari WIB. (AFP/Franck Fife)

Minggu 7 Juli 2019

22.00 WIB, Amerika Serikat Vs Belanda, Groupama Stadium.

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Morgan Oey Teringat Masa Kuliah saat Syuting Film Mahasiswi Baru

Posted: 05 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Morgan Oey langsung teringat masa kuliah di kampus saat syuting film terbarunya Mahasiswi Baru.  Menurutnya, banyak hal yang tak bisa dia lupakan saat itu. Baginya, saat kuliah adalah di mana menentukan masa depannya. 

"Menurut gue, masa kuliah itu adalah masa mempersiapkan kita untuk menuju fase dewasa dalam hidup. Belajar jadi lebih mandiri dan bertanggung jawab," ujar Morgan Oey saat berbincang santai dengan wartawan, belum lama ini.

Meski saat ini ilmu yang diperoleh di kampus tidak diaplikasikan dalam profesinya sebagai artis, Morgan Oey menilai banyak peranan penting saat dirinya melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan.

"Kuliah itu penting banget. Karena biasanya jadi penentu kerjaan kita ke depan. Walaupun banyak juga orang yang kerja tapi nggak sesuai dengan jurusan yang diambil. Satu lagi, menurut gue bagus juga untuk mencari relasi," terang Morgan Oey.

 

Menyenangkan

Morgan Oey

Anak sulung dari tiga bersaudara itu juga mengungkapkan, masa menyenangkan untuk berteman dan bersahabat. Dirinya jadi bisa melihat banyak karakter teman-temannya itu. 

"Sahabat ada satu, tapi kalau teman banyak banget. Gue orangnya memang suka berteman. Ada dari luar kota bahkan provinsi. Jadi, teman sih lumayan banyak," ujar Morgan.

 

Pemain

Morgan Oey

Selain Morgan Oey, film Mahasiswi Baru juga diperankan oleh aktor senior Widyawati, Mikha Tambayong dan juga Umay Shahab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Acara Deputi 3 Kemenpora Berlangsung Meriah

Posted: 05 Jul 2019 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pimpinan serta staf di Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga mengikuti kegiatan Pengembangan SDM Aparatur bertajuk Team Building pada 5-6 Juli 2019 di Hotel Aryaduta Lippo Village, Tangerang.

Berangkat bersama dari kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, pimpinan serta staf Deputi 3 bersemangat mengikuti rangkaian acara yang difasilitasi oleh sekretariat deputi. 

Diawali dengan materi motivasi self-leadership yang dikemas dengan beberapa permainan, pesan untuk melakukan Manajemen Diri tersampaikan dengan baik.

Malam harinya dilanjutkan dengan makan malam bersama serta unjuk penampilan dari masing-masing asisten deputi yang bertugas untuk mengampanyekan gerakan Ayo Olahraga.

Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga menang menjadi penampil terbaik dan mendapatkan hadiah utama yang diserahkan langsung oleh Deputi Raden Isnanta. 

"Ayo kita gelorakan terus semangat Ayo Olahraga. Kita libatkan pihak swasta untuk menjadi sponsor dalam setiap kegiatan untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam berolahraga," ucap Raden Isnanta.

"Kita enjoy malam ini. Saling silaturahmi, saling akrab, dan saling koordinasi. Apalagi malam ini (kami) menang jadi tim penampil terbaik. Sudah kami siapkan dari kemarin," ucap Kabid Sekolah Khusus Olahraga Margono.

Team Building Deputi 3 disponsori oleh produk Nivea, Bank BRI, dan BNI Life. Kegiatan dibanjiri dengan banyak hadiah yang disiapkan oleh para sponsor serta panitia penyelenggara.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sungguh Mulia, Nenek 71 Tahun Ini Adopsi 45 Anak Selama Hidupnya

Posted: 05 Jul 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adopsi seorang anak adalah hal sangat mulia, karena akan menjadi orangtua baru bagi anak tersebut. Di mana biasanya anak tersebut hanya hidup sebatang kara dan tidak memiliki siapa-siapa, namun setelah diasuh tentu perasaannya akan berbeda.

Layaknya memperlakukan seperti darah daging sendiri, adopsi anak memiliki tugas yang sama. Menyayangi, merawat serta melindungi sang anak hingga dewasa. Namun bagaimana bila anak yang diadopsi jumlahnya banyak sekali? Bahkan sampai 45 orang anak.

Bukanlah suatu hal yang mudah, hanya seorang nenek berusia 71 tahun inilah yang mampu melakukannya dengan ikhlas dan tanpa henti menyayangi anak-anaknya seperti anaknya sendiri hingga mereka sukses di kemudian hari.

Nenek bernama Kong Zhenlan asal Provinsi Shanxi, Tiongkok ini mengadopsi 45 anak dalam rentang waktu 47 tahun terakhir. Dan semuanya ia rawat dengan baik hingga sudah ada yang jadi dokter dan pengacara meski hidupnya belum berkecukupan.

Berikut ulasan mengenai nenek usia 71 tahun adopsi 45 anak yang Liputan6.com lansir dari Odditycentral, Sabtu (6/7/2019).

Hidup dalam keterbatasan, nenek ini tetap adopsi anak

Kong Zhenglan bersama anak asuhnya (Sumber: odditycentral)

Melansir dari Odditycentral, Sabtu (6/7/2019), Kong Zhenlan kini memang sudah tidak muda lagi. Sekarang dirinya telah berusia 71 tahun, namun dalam empat dekade terakhir ini dirinya telah mengadopsi sampai 45 anak yatim piatu yang dibesarkannya, disayangi dan disekolahkan.

Meskipun dirinya hampir tidak mampu membiayai dirinya sendiri dengan pendapatan yang rendah, namun dirinya tetap berjuang. Dan di antara anak-anaknya kini beberapa besar menjadi dokter dan pengacara.

Kini anak adopsi tertua Kong Zhenglan, berusia 45 tahun. Sedangkan anak bungsunya berusia 9 bulan. Namun pada saat ini anak-anaknya yang sudah dewasa membantu keuangan Kong dan menyumbangkan sebagian dari gaji bulanannya untuk membantu membesarkan adik-adiknya.

Namun pada awalnya tidak mudah bagi nenek ini. Dirinya menanggung segala kebutuhan anak-anaknya, hingga pada saat kekurangan makanan dirinya mengais-ngais sisa tong sampah untuk makan dirinya sendiri. Namun kini telah terbayar, dengan perasaan bangga. Bahwa anak-anaknya meski jauh dari kata cukup ada yang berhasil sukses.

Hanya tidur 2 jam semalam untuk pastikan anak-anaknya tidur nyenyak

Dikutip dari Pear video, nenek ini menceritakan bahwa dirinya selama 40 tahun terakhir hanya tidur 2 jam per malam. Dirinya baru dapat istirahat setelah memastikan anak-anaknya tidur dan terselimuti semuanya.

Dia sudah terbiasa dan mengatakan bahwa tidur singkat adalah harga kecil untuk membayar untuk memastikan anak-anak tumbuh sehat dan bahagia.

Kong Zhenlan selalu percaya bahwa pendidikan adalah jalan terbaik untuk lepas dari kemiskinan. Jadi dia memastikan bahwa semua anak angkatnya mengutamakan sekolah.

Semua anak-anaknya telah bersekolah, dan beberapa bahkan berkuliah dan terus membangun karier sebagai dokter dan guru.

Meskipun usianya tua dan berjuang dengan masalah kesehatan, Kong Zhenlan terus mendedikasikan hidupnya untuk merawat anak-anak angkatnya. Kisahnya menjadi viral di Tingkok, pada bulan Juni 2019. Banyak netizen Tiongkok yang memujinya dan memanggilnya sebagai orang suci.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Barcelona Ungkap Ganjalan untuk Pulangkan Neymar

Posted: 05 Jul 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Kabar Neymar ingin hengkang dari Paris Saint- Germain (PSG) terus berembus. Presiden Barcelona, Josep Bartomeui, terang-terangan mengungkapkannya.

Neymar santer disebut-sebut ingin kembali memperkuat Barcelona. Padahal, baru dua musim striker internasional Brasil itu meninggalkan Blaugrana untuk berkostum PSG.

Menurut Bartomeu, Neymar berharap bisa pindah, tapi PSG tidak ingin menjualnya. Sikap Neymar sendiri telah mendapat teguran dari pemilik PSG, Nasser Al-Khelaifi.

Dia menegaskan bahwa tidak ada yang memaksa Neymar menandatangani kontrak dengan PSG. Al-Khelaifi tampak mempertanyakan komitmen Neymar untuk Les Parisiens.

"Tidak ada yang memaksanya untuk masuk ke sini. Tidak ada yang mendorongnya. Dia datang dengan sengaja untuk bergabung dengan sebuah proyek," jelas Al Khelaifi.

Menurut media Brasil Globo, kepulangan Neymar ke Camp Nou semakin dekat. PSG diprediksi merekrut pengganti Neymar lebih dulu sebelum menjualnya ke Barcelona.

Dicegah PSG

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengungkap situasi Neymar bersama PSG. (LLUIS GENE / AFP)

"Kami tahu Neymar ingin meninggalkan PSG, tetapi kami juga tahu bahwa PSG tidak ingin dia pergi," ungkap Bartomeu, seperti dilansir 101 Great Goals.

Selain Neymar, Barcelona juga dalam pembicaraan soal transfer Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Bartomeu mengakui ada pembicaraan dengan Atletico terkait hal itu.

Transfer Griezmann

"Ada minat pada Griezmann. Kemarin CEO kami, Oscar Grau, bertemu dengan Miguel Angel Gil (petinggi Atletico Madrid)," terang Bartomeu.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Mobil Meledak di Turki Dekat Perbatasan Suriah, 3 Orang Tewas

Posted: 05 Jul 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Ankara - Sebuah bom mobil meledak di Kota Reyhanli, Turki bagian selatan dekat perbatasan Suriah pada Jumat, 5 Juli 2019. Setidaknya tiga orang tewas dalam insiden tersebut.

Pada saat kejadian, para korban yang diyakini berkewarganegaraan Suriah tengah berada di dalam kendaraan yang kemudian meledak, kata reporter Al Jazeera Sinem Koseglu.

"Kota Reyhanli dekat dengan Provinsi Idlib di Suriah, jadi kota itu adalah lokasi yang penting bagi warga Suriah yang melewati Turki menuju Suriah," lapor Koseglu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, bom mobil yang meledak di Provinsi Hatay itu kemungkinan terkait dengan tindakan teror, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (6/7/2019). Erdogan menambahkan, saat ini pihak berwenang tengah menyelidiki aktor di balik serangan.

Sementara itu, media pemerintah Anadolu Agencu melaporkan, situs ledakan bom mobil berada kurang dari satu kilometer dari kantor gubernur. Rahmi Dogan, gubernur setempat mengatakan, penyebab ledakan belum dapat diketahui dengan cepat.

Dari rekaman video yang beredar di media lokal, tampak sebuah mobil yang berada di tengah jalan diliputi oleh kobaran api, hingga akhirnya petugas pemadam kebakaran datang.

 

Bukan Kali Pertama

Ilustrasi Foto Ledakan (iStockphoto)

Kejadian bom mobil bukan yang pertama kali terjadi di Kota Reyhanli, Turki. Pada Mei 2013 lalu, sebuah bom mobil meledak, menewaskan lebih dari 50 orang. Insiden nahas yang menjadi seragan paling mematikan dalam sejarah Turki modern itu diduga disebabkan oleh serangan kelompok pro-pemerintah Suriah.

Turki juga menjadi target serangkaian teror pada tahun 2015 dan 2016. Kelompok teroris ISIS dan kurdi dianggap menjadi penyebab kedua insiden itu, yan menewaskan ratusan orang.

Tak hanya bom, pada akhir tahun 2016 - hanya beberapa menit sebelum masuk 2017, terjadi pembantaian oleh seorang pria bersenjata. Kala itu, 39 orang tewas di klub malam Reina, Istanbul.

Dalam konteks konflik Suriah, Turki telah menjadi salah satu pendukung pihak oposisi yang melawan rezim Damaskus selama konflik berlangsung. Saat ini, Negeri Ataturk itu berkontribusi menampung sekitar 3,5 juta pengungsi Suriah.

 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Di Dalam Tenda, Anak-Anak Pencari Suaka Beristirahat

Posted: 05 Jul 2019 08:15 PM PDT

Dua anak pencari suaka bermain ponsel di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithr

Dua anak pencari suaka bermain ponsel di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithr

Pencari suaka menidurkan anaknya di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka menidurkan anaknya di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seorang anak pencari suaka berbincang dengan pewarta di trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Seorang anak pencari suaka berbincang dengan pewarta di trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Seorang anak pencari suaka tertidur di dalam tenda di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seorang anak pencari suaka tertidur di dalam tenda di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dua anak pencari suaka bermain ponsel di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithr

Dua anak pencari suaka bermain ponsel di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithr

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSIS Semarang vs Persela Lamongan: 3 Poin Harga Mati

Posted: 05 Jul 2019 08:10 PM PDT

Jakarta Duel sengit akan tersaji dalam lanjutan pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 yang mempertemukan tuan rumah PSIS Semarang menjamu Persela Lamongan di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (6/7/2019). Kedua tim membidik kemenangan, setelah mendapatkan hasil jeblok di laga sebelumnya.

PSIS Semarang membuang kesempatan meraih angka penuh di kandang sendiri, ketika menjamu Barito Putera, Minggu (30/6/2019), dalam laga pekan keenam. Meski bermain cukup baik, Laskar Mahesa Jenar hanya mampu mendulang satu poin karena dipaksa bermain imbang tanpa gol.

Menghadapi Persela Lamongan, PSIS sudah melakukan evaluasi pasca hasil imbang melawan Barito Putera. Penyelesaian akhir menjadi perhatian utama bagi Silvio Escobar dkk. Berkaca di laga Sebelum, PSIS memiliki banyak peluang, namun cukup sulit untuk mencetak gol.

Pelatih PSIS, Jafri Sastra, diperkirakan kembali memasang pemain pilarnya, termasuk peluang kembalinya dua pemain andalan, Septian David Maulana dan Hari Nur Yulianto. Kondisi terakhir dua pemain itu masih akan dilihat sebelum kembali ke posisi starting eleven.

Septian David Maulana dan Hari Nur Yulianto baru mendapatkan perawatan di rumah sakit. Septian David Maulana mengalami tifus sejak pekan keempat, sementara Hari Nur terkena gejala sakit serupa pasca melawan Barito Putera.

Jika keduanya memang harus absen, PSIS bakal memaksimalkan pemain alternatif, yakni Shohei Matsunaga di tengah dan Bayu Nugroho akan beroperasi di sektor sayap kiri. Silvio Escobar dan Komarodin mengisi barisan depan.

Trio gelandang Patrick Mota, Arthur Bonai, dan Shohei Matsunaga kembali diandalkan untuk sektor tengah. Sedangkan empat pemain belakang masih belum tergantikan, yakni Fredyan Wahyu Wallace Costa, Fauzan Fajri, dan Safrudin Tahar. Untuk penjaga gawang, Jandia Eka Putra akan menggantikan Joko Ribowo, yang tampil pada pekan sebelumnya.

"Kondisi pemain tidak ada masalah. Tinggal berharap David Maulana dan Hari Nur membaik dan bisa ditentukan main atau tidak. Kami juga sudah kehilangan lima poin di kandang sendiri, semua sudah sepakat jangan sampai terulang kembali," kata Jafri Sastra.

Jafri juga meminta kepada skuat PSIS Semarang untuk mewaspadai kebangkitan Persela, meski lawan berada di posisi dasar klasemen. Persela saat ini menjadi juru kunci dengan dua poin. Dari lima pertandingan yang sudah dijalani, Persela belum pernah menang.

"Apa pun yang terjadi tim lawan, lebih baik kami fokus ke tim sendiri. Semua harus diwaspadai termasuk kualitas tim pelatih lawan. Persela baru saja punya pelatih baru. Persela tim yang punya karakter," imbuh pelatih PSIS Semarang itu. 

Tugas Berat Nil Maizar

Duel PSIS vs Persela di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Senin (6/5/2018). (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Di kubu Persela, pertandingan ini akan menjadi debut bagi pelatih Nil Maizar yang menggantikan posisi Aji Santoso. Menariknya, Nil Maizar dan Jafri Sastra sama-sama berasal dari Sumatra Barat, keduanya akan beradu strategi dalam duel kali ini.

Mantan pelatih Semen Padang dan Timnas Indonesia tersebut mengemban tugas cukup berat, yakni segera membawa Persela keluar dari zona degradasi.

Di era Aji Santoso musim ini, Laskar Joko Tingkir belum sekalipun meraih kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dijalani. Persela hanya mencatat dua hasil imbang.

Untuk meladeni PSIS, Persela tak akan banyak melakukan perombakan seperti saat melawan Persebaya dalam pekan sebelumnya (2/7/2019). Dian Agus Prasetyo tetap dipercaya di bawah mistar gawang. Empat bek diisi Eky Taufik, Arif Satria, Zaenuri, dan Samsul Arifin.

Persela akan menumpuk pemain di lini tengah sepeti Yohanis Nabar, lucky Wahyu, Kei Hirose, Ahmad Subagja, dan Malik Risaldi. Ujung tombak Persela dipercayakan kepada striker Brasil, Alex dos Santos Goncalves.

Pelatih fisik Persela, Ragil Sudirman, menyatakan skuatnya termotivasi untuk bangkit dari keterpurukan. Kendati demikian, Persela wajib waspada dengan beberapa pemain pilar PSIS yang juga pernah berseragam timnya, yakni Matsunaga dan Wallace Costa.

"PSIS tim kuat, ada Matsunaga, Silvio Escobar, dan Wallace Costa yang bagus. Tapi, kami sudah siap untuk mengantisipasinya," kata Ragil Sudirman.

Ragil juga menambahkan Persela sedikit diuntungkan dengan dua pilar PSIS yang terancam absen, yakni nyawa lini tengah Septian David Maulana dan pemain sayap sekaligus kapten tim, Hari Nur Yulianto.

"Semoga kami juga bisa mengambil keuntungan jika Septian David Maulana dan Hari Nur absen," kata Ragil.

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Fauzan Fajri, Safrudin Tahar (belakang); Arthur Bonai, Patrick Mota, Shohei Matsunaga (tengah); Komarodin, Bayu Nugroho, Silvio Escobar (depan)

Pelatih: Jafri Sastra

Persela Lamongan (4-5-1): Dian Agus Prasetyo (kiper); Eky Taufik, Arif Satria, Muhammad Zaenuri, Samsul Arifin (belakang); Yohanis Nabar, Lucky Wahyu, Kei Hirose, Ahmad Subagja Baasith, Malik Risaldi (tengah); Alex Dos Santos Goncalves (depan)

Pelatih: Nil Maizar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bibir, Pohon, atau Akar, Objek yang Dilihat Ungkap Caramu Bekerja

Posted: 05 Jul 2019 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang Anda lihat ketika melihat foto ini? Apakah Anda melihat bibir yang sedikit terbuka? Atau garis pohon dengan ketinggian berbeda?

Atau malah Anda melihat serangkaian akar pohon? Jawaban Anda dapat mengungkapkan beberapa hal yang sangat menarik tentang kepribadian Anda.

Menurut Wake Up Your Mind, apa yang kita lihat menunjukkan apakah kita fleksibel atau kita cenderung didorong oleh orang lain. Berikut penjabarannya.

 

1. Bibir

Ilustrasi bibir lembab. (via: istimewa)

Jika Anda melihat bibir terlebih dahulu, berarti Anda cenderung tenang dan sederhana. Anda adalah seseorang yang menyukai kehidupan yang tak rumit dan sering mengikuti arus.

Tapi meski kadang-kadang agak naif, Anda umumnya sangat bijaksana dan menghargai kejujuran. Anda dianggap lemah dan butuh bantuan, tapi faktanya Anda punya kekuatan untuk menyelesaikan masalah sendiri tanpa bantuan orang lain.

 

2. Pohon

Ilustrasi Foto Pohon (iStockphoto)

Jika Anda melihat pohon pertama kali, berarti Anda bukan tipe yang harus didorong. Anda khawatir tentang apa yang orang pikirkan untuk mendapatkan kepercayaan Anda.

Di sisi lain, Anda orang yang kuat dan misterius. Anda memiliki sisi misterius yang mencegah orang lain membaca atau menebak apa yang ada di kepala Anda.

Anda juga terbuka untuk semua kemungkinan. Apa yang Anda bayangkan tentang masa depan adalah sesuatu yang harus Anda wujudkan.

 

3. Akar

Ilustrasi tumbuhan akar mimang (Via: valeriewritenow.com)

Orang yang melihat akar terlebih dahulu memiliki kemampuan untuk mengenali kesalahan mereka dan menerima kritik yang membangun. Anda orang yang mandiri, fokus, dan bertanggung jawab.

Orang yang baru mengenal Anda akan melihat Anda sebagai seseorang yang sangat biasa, tanpa bakat, atau kualitas revolusioner. Namun kesan itu berubah setelah mereka mengenal Anda lebih jauh dan menyadari bahwa Anda sangat kompeten dan antusias.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Kisah Batik sebagai Seragam Sekolah

Posted: 05 Jul 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan seragam sekolah di Tanah Indonesia tak lepas dari kolonialisme kala itu. Penggunaan seragam mulai digalakan pada masa pendudukan Jepang, meski corak warna belum diberlakukan.

Seiring waktu berjalan, pada masa pemerintahan Presiden Soeharto pada 1982 terbit Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Dasar dan Menengah tentang penggunaan seragam di sekolah.

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, SK tersebut bukan hanya berisi tentang penyeragaman pakaian sekolah, tetapi juga mengatur corak warna yang berlaku bagi tiap tingkatan sekolah di Indonesia sebagaimana yang dikenakan para pelajar sekolah Indonesia saat ini.  Aturan penggunaan seragam sekolah ini sesungguhnya juga dibuat untuk menutupi kesenjangan sosial antarsiswa.

Seiring waktu berjalan, seragam sekolah berkembang dengan masuknya batik. Batik adalah salah satu jenis kain tradisional khas Indonesia yang menjadi primadona untuk Indonesia sendiri maupun mancanegara.

Jauh seperti sekarang, para pelajar STOVIA dahulu saat sekolah sudah menggunakan batik sebagai seragamnya. Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, sebelum memakai baju jas putih seperti baju orang Belanda.

Mereka terlebih dahulu menggunakan kain jarik bermotif batik yang dipadukan dengan baju putih. Mereka yang mengenakan kain jarik ini biasanya adalah pelajar yang berasal dari Pulau Jawa. Selain memakai kain jarik, mereka juga memakai blangkon di kepalanya.

 

Batik Masuk Sekolah

Siswa menerima makanan tambahan saat program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di SD Negeri 01 Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (28/3). Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana Rp 324 miliar untuk memenuhi gizi anak SDN di Jakarta dengan program PMTAS. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Batik dikenakan sebagai sekolah tak lepas dari ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. Hal ini tentu saja membanggakan bangsa Indonesia karena sebelumnya batik pernah diklaim oleh negara tetangga. Tanggal itu kemudian diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sangat tanggap akan hal itu segera menjadikan batik menjadi seragam wajib bagi para siswa di sekolah. Sebagai contoh, Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mewajibkan siswa dari tingkat taman kanak-kanak hingga menengah atas untuk menggunakan pakaian seragam batik sejak 2010.

Daerah-daerah lain membuat peraturan tentang penggunaan batik sebagai salah satu seragam yang dikenakan siswa di sekolah. Saat ini hampir setiap sekolah memiliki seragam batik yang dikenakan pada hari tertentu. 

Salah satu sekolah di Playen, Gunungkidul, Yogyakarta menggunakan batik berwarna-warni desainan mereka sendiri. Para siswa diwajibkan membuat sendiri baju batik sebagai seragam sejak menjadi siswa didik baru. 

Ide pembuatan batik tersebut berawal saat Yogyakarta dinobatkan sebagai salah satu di antara kota batik di Indonesia. Pihak sekolah kemudian merespons hal itu untuk membuat aturan seragam batik dengan hasil karya siswa sendiri. Mengingat motif batik setiap sekolah berbeda-beda, seragam ini dianggap sebagai identitas sekolah dan Indonesia. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha X-Ride Tambah 2 Warna Baru, Harga Naik?

Posted: 05 Jul 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Yamaha X-Ride kini hadir dengan Racing Blue dan Extreme Green. Warna baru ini melengkapi varian sebelumnya yakni Attractive Red dan Exclusive Black.

Yamaha Indonesia melakukan penyegaran bagi Yamaha X-Ride. Motor matik bergaya adventure itu kini tersedia dengan dua warna baru yang mendukung gaya berpetualang masa kini.

Salah satu produsen motor terbesar di dunia itu memperkenalkan warna baru Yamaha X-Ride di Sentral Yamaha Palembang, Jumat (5/7/2019)

Duo crosser Monster Energy Yamaha Factory Team Jeremy Seewer dan Romain Febvre memeriahkan acara sebelum mengikuti MXGP Palembang di OPI Mall, Minggu (7/7/2019).

Salah satu warna baru Yamaha X-Ride adalah Racing Blue. Desain ini mengombinasikan warna biru agresif khas Yamaha dengan stripping putih yang memberikan kesan stylish pada motor.

Varian anyar Yamaha X-Ride adalah Extreme Green. Desain ini memadukan warna hijau tua yang terkesan tangguh dengan tambahan stripping eye catching berwarna oranye. Kombinasi ini mempertegas karakter motor petualang sejati pada Yamaha X-Ride.

 

Inovasi Yamaha

Yamaha X-Ride dipasarkan kepada konsumen seharga Rp 18,035 juta OTR. Harga pada varian warna baru tersebut tidak berubah alias tetap sama dengan pendahulunya.

Warna baru ini melengkapi varian Yamaha X-Ride sebelumnya, yakni Attractive Red dan Exclusive Black. Kedua warna tersebut bertujuan bergaya urban.

"Peluncuran varian warna baru ini merupakan inovasi Yamaha Indonesia untuk merespon perkembangan tren gaya hidup saat ini. Kami yakin, kedua warna baru ini akan mendapatkan sambutan yang positif dari pecinta motor matik bergaya adventure di Tanah Air," ungkap Marketing Director PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Hiroshi Setogawa.

"Sebab, Yamaha X-Ride kini mampu merefleksikan kesan tangguh, agresif dan stylish yang sesuai dengan karakter diri konsumen," sambungnya.

Komentar Crosser

Jeremy Seewer dan Romain Febvre turut memberi komentar terhadap Yamaha X-Ride. Seweer mengangapnya sebagai motor ideal untuk beraktivitas di kota.

Sementara Febvre menyukai desain Racing Blue yang mirip dengan Yamaha YZ450 FM yang dikendarainya. "Namun sepertinya motor saya lebih kencang," canda Febvre.

Penulis: Harley Ikhsan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Mobil Presiden AS Donald Trump

Posted: 05 Jul 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mobil dinas Presiden Trump, 'The Beast' merupakan buatan negerinya sendiri. Diketahui mobil punya fitur keamanan termasuk dari ancaman bom.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Beli Investor Asing Picu IHSG Lanjutkan Penguatan Selama Sepekan

Posted: 05 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang pekan ini tercatat naik 0,23 persen ke level 6.358,629 dari 6.373,477.

Seiring dengan peningkatan IHSG, nilai kapitalisasi pasar juga naik sebesar 0,35 persen menjadi Rp 7.268,404 triliun dari Rp 7.243,045 triliun pada penutupan pekan lalu. 

Sekretaris Perusahaan PT BEI, Yulianto Aji Sadono mengatakan, untuk data rata-rata frekuensi transaksi harian BEI pada pekan ini ikut meningkat sebesar 3,15 persen menjadi 484,227 ribu kali transaksi dari 469,421 ribu kali transaksi pada pekan sebelumnya. 

"Namun untuk rata-rata nilai transaksi harian BEI mengalami penurunan sebesar 28,96 persen menjadi Rp 8,060 triliun dari Rp 11,345 triliun sepekan sebelumnya," ujarnya Sabtu (6/7/2019).

Adapun dia melanjutkan, sepanjang 2019, investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp  69,775 triliun dan investor asing mencatatkan jual bersih sebesar Rp150,08 triliun.

Untuk perusahaan tercatat di awal Juli 2019, Yulianto mengungkapkan, BEI mencatatkan saham tiga perusahaan untuk diperdagangkan di pasar modal. 

"Pada Senin 1 Juli 2019, PT Krida Jaringan Nusantara Tbk mencatatkan sahamnya dengan kode KJEN sebagai Perusahaan Tercatat ke-18 pada tahun 2019. Kemudian pada Kamis, 4 Juli 2019 resmi dicatatkan saham PT Indonesian Tobacco Tbk dengan kode ITIC, dan saham PT Darmi Bersaudara Tbk. dengan kode KAYU. Kedua perusahaan tersebut merupakan Perusahaan Tercatat ke-19 dan ke-20 di BEI tahun 2019," terangnya.

Kemudian pada Jumat 5 Juli 2019, PT Bima Sakti Pertiwi Tbk resmi dicatatkan dengan kode PAMG pada Papan Utama BEI sebagai Perusahaan Tercatat ke-21 pada 2019.

Sentimen Pengaruhi Pasar

Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). Sejak pagi IHSG terjebak di zona merah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, di pasar saham, investor asing beli saham USD 67 juta atau sekitar Rp 943,54 miliar (asumsi kurs Rp 14.082 per dolar AS).

Sementara itu, indeks obligasi naik 0,99 persen selama sepekan. Imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun naik 15 basis poin ke posisi 7,22 persen. Rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat di kisaran 14.083. Investor asing beli obligasi sekitar USD 164 juta atau sekitar Rp 2,30 triliun hingga perdagangan Kamis pekan ini.

Ada sejumlah sentimen yang bayangi pasar keuangan global. Dari eksternal, perkembangan terbaru perang dagang menjadi perhatian pelaku pasar. China tidak akan membeli produk pertanian Amerika Serikat (AS) jika AS kembali tidak konsisten dalam negosiasi perdagangan di masa mendatang. AS juga dinilai tidak memperlakukan China atas dasar kesetaraan seiring pernyataan dari pejabat AS.

Pemerintahan Trump juga mengancam untuk memperkenalkan tarif baru pada produk Uni Eropa senilai USD 4 miliar sehingga meningkatkan ketegangan perang dagang. Hanya beberapa hari setelah mencapai gencatan senjata dalam perang dagang AS-China pada awal pekan ini, kantor perwakilan dagang AS (USTR) merilis daftar produk baru yang dibuat di Uni Eropa sedang mempertimbangkan untuk bea masuk tambahan.

Sentimen lainnya berasal dari data ekonomi AS yang menunjukkan pelemahan. Pesanan baru untuk barang tahan lama yang diproduksi di Amerika Serikat (AS) turun 1,3 persen dari bulan sebelumnya pada Mei 2019 setelah merosot 2,8 persen pada April dan lebih buruk dari harapan pasar yang turun 0,1 persen.

Peralatan transportasi turun dari empat bulan terakhir sehingga melemah. Penjualan rumah keluarga tunggal baru di AS susut 7,8 persen dari bulan sebelumnya ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sekitar 626 ribu pada Mei 2019. Sementara itu, pasar memperkirakan kenaikan 1,9 persen menjadi 680 ribu. Angka itu level terendah sejak Desember. 

Selanjutnya

Pengunjung mengambil foto layar indeks harga saham gabungan yang menunjukkan data di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Sebelumnya, Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Defisit perdagangan AS melebar menjadi USD 55,5 miliar pada Mei 2019 dari USD 51,2 miliar yang direvisi pada bulan sebelumnya dan dibandingkan dengan harapan pasar sebesar USD 54 miliar. Impor melonjak 3,3 persen dan ekspor naik lebih rendah dua persen.

Sedangkan defisit perdagangan dengan China meningkat 12,2 persen menjadi USD 30,2 miliar meski ada kenaikan tarif impor barang-barang China baru-baru ini. Dampak dari perang dagang AS-China membuat manufaktur China meleset dari harapan.

Data manufaktur ISM di AS turun menjadi 51,7 pada Juni 2019 dari 52,1 pada bulan sebelumnya, mengalahkan harapan pasar sebesar 51. Namun, data menunjukkan laju ekspansi terlemah di sektor manufaktur sejak Oktober 2016 karena indeks pesanan baru turun ke level terendah sejak Desember 2015.

PMI Caixin China General Manufacturing turun menjadi 49,4 pada Juni 2019 dari 50,2 pada bulan sebelumnya. Angka terbaru menunjukkan kontraksi pertama dalam aktivitas pabrik sejak Februari karena pesanan baru, penjualan dan output luar negeri semua menurun di tengah perselisihan perdagangan yang terus menerus dengan AS.

Selain itu, tenaga kerja menurun lebih jauh dari bukti yang menunjukkan kalau pekerja yang keluar secara sukarela belum diganti. Di sisi harga, inflasi biaya input mencapai level tertinggi dalam tujuh bulan.

Ke depan, beberapa perusahaan akan meluncurkan produk baru dan ekspansi untuk meningkatkan produksi di tahun mendatang. Selain itu, ketegangan perang dagang juga masih membayangi. Perkembangan terbaru Brexit juga menjadi perhatian pelaku pasar.

Dari sentimen internal, inflasi tahunan Indonesia turun menjadi 3,28 persen pada Juni 2019 dari 3,32 persen pada bulan sebelumnya yang di atas harapan pasar sebesar 3,18 persen. Inflasi inti tahunan naik menjadi 3,25 persen pada Juni, tertinggi sejak April 2017 dan juga di atas perkiraan 3,12 persen.

Secara bulanan, harga konsumen naik 0,55 persen pada Juni, turun dari kenaikan 0,68 persen pada bulan sebelumnya. Sementara itu, cadangan devisa di Indonesia meningkat menjadi USD 123,8 miliar pada Juni 2019 dari USD 120,3 miliar pada Mei 2019 sehingga memacu harapan data perdagangan Juni akan lebih baik dari yang diharapkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP Jelang Balapan di Jerman: Marquez Belum Terkejar

Posted: 05 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Marc Marquez masih kukuh di puncak klasemen MotoGP 2019. Hal ini tak lepas dari podium kedua yang diraih pembalap Repsol Honda itu di MotoGP Assen pekan lalu.

Marquez kini memiliki 160 poin dan kokoh di posisi teratas klasemen MotoGP. The Baby Alien -julukan Marquez- mendapat tambahan 20 angka dalam balapan terakhirnya.

Pembalap asal Spanyol ini memperlebar jarak menjadi 44 nilai dari pesaing terdekat yakni pembalap Mission Winnow Ducati Andrea Dovizioso yang hanya menduduki peringkat empat pada persaingan di Negeri Kincir Angin. Dovizioso baru mengoleksi 116 angka.

Pemenang MotoGP Belanda 2019, Maverick Vinales juga memperbaiki posisi di klasemen MotoGP. Rider Monster Energy Yamaha tersebut naik ke urutan tujuh dari sebelumnya posisi 11 dengan raihan 65 angka.

Sebaliknya, rekan setim Vinales yakni Valentino Rossi makin tertinggal dari persaingan juara dunia karena tidak tergelincir usai terlibat insiden dengan Takaaki Nakagami. Gagal finis pada tiga balapan terakhir, Rossi kini tertinggal 88 poin di belakang Marquez dalam klasemen MotoGP 2019.

Rossi punya kans memperbaiki peringkatnya asal menang di MotoGP Jerman akhir pekan ini. Di sirkuit Sachsenring, Rossi telah empat kali meraih podium.

 

 

Klasemen MotoGP

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez (AFP/Gabriel Buoys)

Klasemen Sementara

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 160 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 116 poin

3. Danilo Petrucci (Ducati) 108 poin

4. Alex Rins (Suzuki) 101 poin

5. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 72 poin

6. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 67 poin

7. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 65 poin

8. Jack Miller (Pramac Ducati) 60 poin

9. Pol Espargaro (KTM) 52 poin

10. Cal Crutchlow (LCR Honda) 51 poin

11. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 48 poin

12. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 45

13. Aleix Espargaro (Aprilia) 31 poin

14. Joan Mir (Suzuki) 30

15. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 19

16. Andrea Iannone (Aprilia) 18

17. Johann Zarco (KTM) 16

18. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 15 poin

19. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 11 poin

20. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

21. Tito Rabat (Avintia Racing) 9 poin

22. Stefan Bradl (Honda) 6 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 3 poin

24. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 3 poin

25. Karel Abraham (Avintia Racing) 2 poin

Jadwal MotoGP

Jumat (5/7/2019)

16.55 WIB: Latihan Bebas 1 (FP1)

20.10 WIB: Latihan Bebas 2 (FP2)

Sabtu (6/7/2019)

16.55 WIB Latihan Bebas 3 (FP3)

18.30 WIB Latihan Bebas 4 (FP4)

20.05 WIB Sesi Kualifikasi

Minggu (7/7/2019)

19.00 WIB Balapan

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Derita Tumor Ganas, Bocah 6 Tahun Butuh Bantuan

Posted: 05 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang bocah 6 tahun di Bakauheni, Lampung menderita tumor ganas di perutnya. Orangtua tak bisa membawanya ke rumah sakit karena keterbatasan biaya dan tak punya BPJS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta Laura Putuskan Mundur dari Media Sosial?

Posted: 05 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cinta Laura beberapa waktu lalu baru saja diterpa isu tak baik. Foto-foto mesranya saat bersama dengan mantan kekasihnya tersebar di media sosial.

Saat ini, Cinta Laura mengumumkan bahwa dirinya akan rehat sejenak dari media sosial. Alasannya, Cinta Laura menyadari bahwa media sosial kerap menyita waktunya sehingga lupa dengan sekitarnya di dunia nyata.

Hal itu disampaikan Cinta Laura melalui unggahannya di Instagram pada Jumat (5/7/2019).

"I have decided to take a break from social media. Often times we find ourselves preoccupied on our phones, as a result, forgetting to enjoy the company around us and take in the moment," tulis Cinta Laura.

 

Fokus

Cinta Laura

Lebih lanjut, Cinta Laura menuliskan bahwa setelah rehat dari media sosial, Cinta Laura akan memfokuskan diri dalam karier dan pekerjaannya. Diketahui, dalam waktu dekat Cinta Laura akan merilis single baru setelah vakum selama tujuh tahun lamanya.

"At this time, I have chosen to focus on my work and my loved ones. And who knows? A pleasant surprise might be coming your way. See you guys in a few!" lanjutnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Pembayaran Digital Alipay Bikin Wajah Jadi Cantik dan Tampan

Posted: 05 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernah secara tidak sengaja membuka kamera depan dan melihat wajah sendiri? Mungkin beberapa orang ada yang tidak suka dengan itu karena terlihat kurang sedap dipandang.

Salah satu platform pembayaran online, Alipay, yang sudah punya sistem pembayaran memakai facial recognition alias teknologi pemindai wajah, berinovasi agar pengguna tidak perlu membenci wajah mereka saat membuka kamera selfie.

Melansir Engadget, Sabtu (6/7/2019), teknologi ini dikembangkan setelah polling Sina Technology menunjukkan kalau 60 persen responden tidak menyukai sistem pembayaran facial recognition karena membuat mereka terlihat jelek saat difoto.

Tentu sebagai platform pembayaran online terbesar di Tiongkok, Alipay selalu ingin memuaskan konsumen. Akhirnya, dibenamkan filter beautify yang membuat wajah pengguna saat membayar jadi lebih segar dan cerah.

Akan Dipasang Dalam Sepekan

Ilustrasi smartphone dengan Alipay. (Foto: Alipay)

Alipay juga sempat menyatakan di media sosial Weibo kalau mereka akan memasang fitur ini di toko ritel dalam sepekan.

Fitur ini menimbulkan banyak perdebatan. Segala hal yang didigitalisasi memang baik, namun membuat orang jadi terobsesi terhadap sesuatu, seperti selalu terlihat cantik di foto.

Tetap saja, filter kamera terus berkembang tanpa henti.

(Tik/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahli Gizi Sebut Ini Penyebab Anak Menjadi Obesitas

Posted: 05 Jul 2019 08:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orangtua yang bingung cara mencegah obesitas pada anak. Sehingga hal yang paling sering dilakukan adalah mengurangi jumlah makanan mereka.

Sayangnya, itu bukan langkah yang tepat. Ahli gizi klinis, Dr Nurul Ratna Munu Manikam mengatakan bahwa mengurangi jumlah makanan bukanlah solusi mencegah anak jadi obesitas.

Menurut Ratna, anak bisa obesitas karena sering atau banyak mengonsumsi makanan ringan (snacking) yang manis atau gurik. 

"Ketika makan snack, anak menjadi cepat kenyang jadi anak tidak ingin makan lagi. Padahal snack hanya tinggi kalori tapi zat gizinya kurang", kata Nurul dalam diskusi Ajak Orangtua Dukung Semangat Sekolah si Kecil dengan Nutrisi Seimbang pada Kamis, 4 Juli 2019.

Anak yang kenyang dengan mengonsumsi makanan ringan tanpa zat gizi itu yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Anak pun berisiko obesitas apabila didiamkan.

 

Obesitas pada Anak

Anak Aktif Terbebas dari Obesitas (sumber: iStockphoto)

 

Dijelaskan Ratna, anak jadi mengenal makanan ringan maupun minuman tinggi gula karena iklan yang bermunculan di televisi. Melihat iklan dapat menimbulkan rasa keingintahuan anak untuk mencoba.

Oleh sebab itu, penting bagi orangtua untuk mengedukasi si Kecil perihal makanan ringan.

Selain itu, anak bisa menjadi obesitas karena kurangnya aktivitas fisik. Ketika libur sekolah, anak-anak menjadi pasif dan memilih untuk tinggal di rumah.

"Kalau dulu kita naik sepeda, main petak umpet, dan main apa, kalau sekarang anak pakai gawai dan nonton teve jadi tidak mau bermain di luar," Nurul menambahkan.

 

Kebanyakan Makan Makanan Ringan

Liburan Bisa Mencegah Anak dari Obesitas (iStockphoto)

Anak yang memakan makanan ringan terlalu banyak dan dibarengi dengan malasnya si Kecil untuk bergerak merupakan penyebab mereka menjadi obesitas.

Untuk mengatasinya, Nurul menyarankan pilih makanan dan minuman yang sehat untuk anak dan hindari makanan yang manis-manis, selain itu biarkan anak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menggunakan banyak kegiatan fisik.

"Taekwondo, basket, sepeda, kalau cewek mungkin bisa menari supaya mereka banyak geraknya dan begitu sampai rumah mereka pasti lapar. Jadi kita siapkan makanan yang sehat", tutur Nurul.

Penulis: Febrianingsih Alamako

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seluruh Infrastruktur Penunjang KEK di Kota Bitung Segera Dibenahi

Posted: 05 Jul 2019 07:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban menyambut kedatangan Presiden Jokowi dalam rangka kunjungan kerja, Jumat (5/7). Kedatangan itu sekaligus untuk melihat perkembangan kota Bitung mulai dari Pelabuhan Samudera, Pelabuhan Feri dan lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Dihadapan Jokowi, Lomban memaparkan keberadaan kota Bitung mulai dari letak Geografis yang sangat strategis di bibir Pasifik. Lokasi itu dijelaskannya memudahkan akses ke Filipina, Jepang, Korea dan negara tetangga lainnya.

"Potensi-potensi Kota Bitung dapat dimaksimalkan untuk memberikan kontribusi tambahan devisa bagi Indonesia baik dari sisi pariwisata maupun perikanan," ujar Lomban

Selain Jokowi, hadir juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Hukum HAM Yasona Laoly, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, pengembangan Pelabuhan Bitung yang mendukung akses KEK akan dimulai Oktober tahun ini. Menurutnya pemerintah masih terus menyiapkan infrastruktur untuk mendukung KEK, seperti jalan tol, dermaga, hingga jembatan.

"Begitu fasilitas-fasilitas pendukungnya siap maka KEK-nya kerja, banyak yang ingin masuk ke sini, ini ujung yang dekat dengan Filipina, dekat dengan Asia bagian timur. Ini ada kekuatan yang bisa dipakai di sini baik untuk mengekspor maupun mengimpor barang-barang tertentu," katanya.

Jokowi juga menyampaikan akan segera membenahi infrastruktur pelabuhan feri untuk menunjang penyeberangan antar pulau di wilayah Timur.

"Tahun depan kami mulai memperlebar dermaga pelabuhan, mengingat pelabuhan feri adalah salah satu sarana penting untuk menghubungkan Kota Bitung dengan wilayah kepulauan di wilayah Timur," jelasnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebut Penembak Harun Rasyid Saat Kerusuhan 22 Mei Bertangan Kidal

Posted: 05 Jul 2019 07:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim investigasi telah mengidentifikasi seorang pelaku yang diduga menembak Harun Rasyid pada kerusuhan 22 Mei 2019. Ciri-cirinya, berambut gondrong, tinggi sekitar 175 cm, dan menembak dengan tangan kiri.

"Mungkin kidal," ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombespol Suyudi Ario Seto, Jumat (5/7/2019) seperti dikutip dari Jawapos.

Ciri-ciri tersebut diketahui melalui analisis face recognition dari 704 visual. Terdiri atas 60 rekaman closed circuit television (CCTV), 480 video amatir, 93 foto amatir, 44 media massa, dan 27 dari media sosial.

Harun Rasyid merupakan satu di antara sembilan korban meninggal dalam kerusuhan tersebut. Jenazah Harun telah diotopsi bersama tiga korban lainnya. "Lima korban tidak diotopsi karena keluarga tidak berkenan," kata Suyudi.

Berdasar pemeriksaan saksi di lapangan, kata dia, Harun ditembak dari jarak sekitar 30 meter. Posisi korban dengan polisi yang menangani kerusuhan sekitar 100 meter. Pelaku penembakan berada di sisi kanan berdekatan dengan ruko di flyover Slipi. "Saksi menyebut Harun ditembak dengan pistol berwarna hitam," jelasnya.

Dengan metode face recognition pula, telah diamankan sembilan orang yang diduga merusak kendaraan kepolisian. Analisis sementara, pelaku kerusuhan berasal dari berbagai elemen. Yakni, organisasi kemasyarakatan (ormas) dari berbagai daerah seperti Serang, Banyumas, Cianjur, Lampung, dan Aceh.

Penyidikan yang Rumit

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan, penyelidikan begitu rumit dengan menggunakan scientific crime. Salah satunya, pembuktian terkait siapa pelaku penembakan dalam kerusuhan. "Setelah dilakukan uji balistik, diketahui peluru kaliber 5,56 dan kaliber 9 mm," ungkapnya.

Namun, uji balistik hanya bisa mengungkap jenis peluru dan kemungkinan senjata yang digunakan. Karena itu, dilengkapi dengan face recognition.

Dari penyelidikan juga telah diketahui siapa pemberi komando lapangan yang melakukan berbagai provokasi. "Sudah ditetapkan sebagai DPO (daftar pencarian orang atau buron,)," ujar Dedi.

Simak berita Jawapos lainnya di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Kehidupan Para Pencari Suaka di Malam Hari

Posted: 05 Jul 2019 07:45 PM PDT

Pencari suaka mencuci tangan jelang masuk ke dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka mencuci tangan jelang masuk ke dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka menjemur pakaian di luar tenda yang dibangun di atas trotoar depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka menjemur pakaian di luar tenda yang dibangun di atas trotoar depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka mendirikan tenda untuk beristirahat di atas trotoar depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka mendirikan tenda untuk beristirahat di atas trotoar depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka berbagi makanan di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka berbagi makanan di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka saat berada di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka saat berada di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka saat berada di dekat tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka saat berada di dekat tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka menidurkan anaknya di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithriansy

Pencari suaka menidurkan anaknya di dalam tenda yang dibangun di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka dari sejumlah negara berkonflik berharap UNHCR bisa segera memberikan jaminan perlindungan bagi mereka. (Liputan6.com/Helmi Fithriansy

Pencari suaka mendirikan tenda untuk beristirahat di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka mendirikan tenda untuk beristirahat di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka duduk-duduk di luar tenda di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pencari suaka duduk-duduk di luar tenda di atas trotoar depan Masjid Ar-Rayan, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/7/2019). Para pencari suaka ini membangun tenda-tenda dan meminta kepastian perlindungan dari UNHCR . (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Serius Dekati Sean Longstaff

Posted: 05 Jul 2019 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) melanjutkan kegiatan belanja pemain pada bursa transfer musim panas ini. Kali ini, Setan Merah tengah mempersiapkan tawaran resmi untuk menggaet gelandang Newcastle United, Sean Longstaff.

Manajemen Manchester United terkesan dengan performa pemain berusia 21 tahun itu musim lalu. Longstaff telah dipantau sejak pertengahan musim lalu.

Sebelumnya, Manchester United telah mendatangkan Aaron Wan-Bissaka dari Crystal Palace dan Daniel James dari Swansea City. Longstaff diyakini jadi pembelian ketiga Manchester United musim panas tahun ini.

Longstaff tampil sebanyak 16 kali untuk The Magpies musim lalu. Dia menyumbang dua gol dan dua assist untuk Newcastle United.

Kendati jumlah penampilannya di lapangan masih terbatas, Longstaff mampu mencuri perhatian. Manchester United jadi yang pertama dilaporkan kepincut dengan pemain jebolan akademi Newcastle tersebut.

Namun, sejak rumor itu, pergerakan klub yang bermarkas di Old Trafford itu tergolong minim. Baru pada pekan lalu, Telegraph melaporkan bahwa pendekatan formal dari Manchester United untuk Longstaff segera dilakukan.

Banderol 50 Juta Pound Sterling

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskaer. (Foto AP / Rui Vieira)

Sky mengklaim Manchester United sedang mempersiapkan tawaran. Longstaff kabarnya hanya akan dilepas Newcastle apabila ada tawaran sebesar 50 juta pound sterling.

Sudah lazim ketika pemain asal Inggris dibeli klub besar, maka harganya akan melonjak drastis. Maka saat Setan Merah mesti membayar 50 juta pound sterling untuk menggaet Longstaff, itu bukan hal yang mengejutkan.

Perjudian Besar

Jika Manchester United benar-benar rela membayar mahal untuk pemain yang belum benar-benar teruji seperti Longstaff, maka sesungguhnya mereka sedang melakukan perjudian besar.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NU Prihatin dengan Putusan MA kepada Baiq Nuril

Posted: 05 Jul 2019 07:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Robikin Emhas, merasa prihatin terhadap Baiq Nuril pascaputusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak permohonan Peninjauan Kembali (PK).

"Tanpa bermaksud mengomentari putusan lembaga peradilan, saya prihatin dan turut sedih terhadap yang menimpa Baiq Nuril," ujar Robikin seperti dikutip dari Antara, Sabtu (6/7/2019).

Robikin mengatakan pihaknya semula mengapresiasi pengadilan yang memutus bebas Baiq Nuril.

"Namun jaksa tidak terima dan menggunakan upaya hukum hingga pada akhirnya Baiq Nuril mengalami nasib seperti saat ini," ujar Robikin.

Lebih lanjut Robikin menjelaskan dalam sistem peradilan pidana, jaksa selaku penuntut umum merupakan representasi negara yang mewakili kepentingan umum, sehingga menerima atau menolak putusan dan menggunakan upaya hukum adalah hak penuntut umum.

"Namun suara publik justru menempatkan Baiq Nuril sebagai korban, bukan pelaku pidana atau membela diri dengan cara yang salah," katanya.

Robikin kemudian berharap penegakan hukum dapat merasakan keadilan yang hidup dan berkembang di masyarakat (living law), sehingga elemen ini menjadi penting dalam proses penegakan hukum pidana.

Jadi Pelajaran

Peristiwa Baiq Nuril ini dikatakan Robikin dapat menjadi pembelajaran dalam upaya mewujudkan daulat hukum harus terus menurus dilakukan.

"Agar hukum tidak terkesan tajam ke bawah, namun tumpul ke atas. Agar keadilan tidak dianggap sebagai komoditas yang hanya sanggup diakses kalangan terbatas," pungkas Robikin.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: