Minggu, 28 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


3 Pemain Juventus yang Mungkin Pindah ke Liga Inggris

Posted: 28 Jul 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juventus sangat aktif merekrut pemain di bursa transfer musim panas 2019. Sudah tujuh pemain direkrut La Vecchia Signora hingga akhir Juli 2019 ini.

Mulai dari Gianluigi Buffon, Adrien Rabiot, Aaron Ramsey, Merih Demiral, Matthijs de Ligt, Luca Pellegrini hingga Cristian Romero berhasil didapatkan Juventus. Akibatnya skuat Juventus saat ini kegemukan. 

Pasalnya Juventus belum menjual pemain-pemain yang tak lagi masuk perencanaan Maurizio Sarri. Juventus saat ini sedang berusaha mencarikan klub untuk beberapa pemain.

Juventus kemungkinan akan berbisnis dengan klub Liga Inggris. Ada tiga pemain Juventus yang masuk radar klub-klub Inggris.

Siapa saja tiga pemain Juventus yang mungkin pindah ke Liga Inggris? Simak di halaman selanjutnya:

 

 

Sami Khedira

Sami Khedira (AFP/Carlo Hermann)

Pemain asal Jerman ini sudah tidak masuk perencanaan Sarri. Gaya main Khedira tidak cocok dengan skema Sarriball. Khedira sedang diincar oleh Arsenal.

Eks pemain Real Madrid ini pada akhir pekan terlihat berada di London mengunjungi markas Arsenal. Khedira kemungkinan akan segera resmi jadi milik Meroam London.

Juventus kabarnya tak keberatan melepas Khedira dengan gratis. Juventus akan memutus kontraknya lebih awal demi meringankan beban gaji.

Paulo Dybala

Paulo Dybala (AFP)

Dybala sejak sepekan terakhir dikabarkan menjadi incaran Tottenham Hotspur. Sebelum Tottenham, Manchester United juga dikaitkan dengan pemain berkebangsaan Argentina tersebut.

Juventus masih keberatan melepas Dybala. Pasalnya eks pemain Palermo itu bisa menjadi sosok kunci di skema yang dimainkan oleh Sarri.

Dybala sendiri masih berlibur usai membela Argentina di Copa America 2019. Setelah kembali dari Turin, Dybala akan membahas masa depannya dengan Sarri dan petinggi Juventus.

 

Moise Kean

Moise Kean (AFP/ Isabella Bonotto)

Kean merupakan penyerang muda masa depan Juventus. Namun klien Mino Raiola ini bisa saja pergi di bursa transfer musim panas 2019. Dua klub Liga Inggris berminat kepada Kean.

Everton dan Wolverhampton siap merekrut Kean. Nilai transfer Kean bisa mencapai 35 hingga 40 juta euro. Juventus baru mau melepas Kean jika ada opsi pembelian kembali.

Kean akan sulit mendapat menit bermain di musim 2019-2020. Pasalnya disana bercokol Cristiano Ronaldo dan Gonzalo Higuain. Belum lagi Juventus berencana memekrut penyerang Inter Milan Mauro Icardi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tanjung Perak Surabaya Ciduk Jambret yang Sebabkan Korban Meninggal

Posted: 28 Jul 2019 11:00 PM PDT

Surabaya - Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menyatakan, kasus penjambretan di kawasan Kalianak Surabaya yang sebabkan korban meninggal dunia melibatkan dua orang. Polisi pun berhasil menangkap satu pelaku berinisial AR (22).

AKBP, Agus Rahmanto, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya membenarkan penangkapan AR pada Minggu malam, 28 Juli 2019. Pelaku ini sudah melakukan aksinya sebanyak 14 kali di Surabaya, Jawa Timur.

Aksi pelaku jambret itu pernah dilakukan di Jalan Perak Barat hingga Perak Timur, Kalianak, Margomulyo, Demak hingga Tanjung Sadari. Kasus penjambretan ini, menurut Agus melibatkan dua pelaku. Satu pelaku lainnya masih DPO.

"Satu orang pelaku kami tangkap. Pengakuannya telah melakukan aksi  kurang lebih 14 kali. Sedangkan pelaku lainnya masih dalam pengejaran," tutur dia, seperti dilansir suarasurabaya.net, Senin (29/7/2019).

Dari hasil penyelidikan, polisi sempat menemukan foto kedua pelaku di akun sosial medianya. Di foto tersebut, pelaku menyebut dirinya sebagai geng atau kelompok captain 365 di jalan. Dalam hukum pidana, 365 adalah pasal yang menjerat kejahatan jalanan.

Menanggapi hal itu, Agus enggan mengungkap termasuk rekam jejak kedua pelaku. Kasus ini akan diungkap secara detail dalam konferensi pers yang digelar Senin pekan ini.

"Masih kami kembangkan lagi, lebih lengkapnya nanti kami rilis," tutur dia.

Sebelumnya, kasus penjambretan terjadi di kawasan Kalianak Surabaya, Kamis 11 Juli 2019. Pelaku merampas tas milik Sulasmi warga Semampir hingga korban terjatuh dari motornya.

Hal itu membuat korban alami luka serius dan dibawa ke RS PHC. Selama jalani perawatan, kondisi korban kian kritis. Beberapa hari kemudian dokter menyatakan korban meninggal dunia.

Polisi Sidoarjo Ringkus Jambret Pengincar Pengendara Berboncengan

Ilustrasi Jambret

Sebelumnya, Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo menciduk seorang spesialis penjambretan. Sepanjang tahun berjalan 2019, aksi seorang spesialis penjambretan itu sebanyak 12 kali.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo, Komisaris Polisi Ali Purnomo mengatakan, seorang tersangka yang berhasil ditangkap ini berinisial MM.

"Saat melakukan aksinya, tersangka berboncengan dengan rekannya berinisial AN yang masih menjadi DPO petugas kepolisian," katanya saat temu media di Mapolresta Sidoarjo, dilansir Antara, Selasa, 23 Juli 2019.

Ali menuturkan, modus operandi yang digunakan oleh tersangka adalah mencari target lelaki dan perempuan yang berboncengan, dengan perempuan yang dibonceng memakai tas.

"Kemudian tersangka dengan menggunakan sepeda motor menyalip sepeda motor korban dan yang dibonceng mempunyai peran untuk menarik tas selempang milik korban," ujar dia.

Ali menimpali, MM ditangkap usai melakukan penjambretan tas merk Fladeo yang berisikan uang tunai Rp. 400.000, dan sebuah HP merk Samsung type J5, warna hitam milik Aprilia Ratnaningsih di kawasan Bungurasih, Sidoarjo.

Berdasarkan hasil ungkap kasus tersebut petugas berhasil menyita beberapa barang bukti seperti tas perempuan, dan juga sepeda motor yang digunakan oleh tersangka dalam menjalankan aksinya.

"Tersangka mengaku menghabiskan uang hasil penjualan barang hasil rampasannya untuk berfoya-foya karaoke bersama dengan wanita penghibur," kata dia.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan pidana 7 tahun penjara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Demonstran Hong Kong Rusak Mobil

Posted: 28 Jul 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah demonstran Hong Kong merusak mobil di luar stasiun kereta api. Mereka menemukan berbagai senjata di dalam mobil yang mirip dipakai pelaku penyerangan rekan-rekannya pekan lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Film Thriller Ma yang Dibintangi Aktris Peraih Oscar Octavia Spencer

Posted: 28 Jul 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda yang berencana nonton pekan ini bisa melirik film Ma. Film Ma mengisahkan Sue-Ann, wanita misterius yang sepintas tampak biasa saja.

Suatu hari, sekumpulan anak muda minta tolong Sue-Ann membelikan miras di toko. Tak hanya membelikan, Sue-Ann lantas menawari para remaja ini untuk berpesta di lantai bawah kediamanannya. Pesta yang semula berlangsung meriah perlahan menjadi petaka. 

 

Film Ma yang bergenre thriller menempatkan aktris peraih Oscar, Octavia Spencer sebagai pemeran utama. Film Ma meneror jaringan bioskop Tanah Air mulai Jumat (26/7/2019).

Selain Octavia Spencer, film Ma diperkuat Juliette Lewis, Diana Silvers, dan McKalley Miller. Untuk Anda kami sajikan 5 fakta menarik seputar film Ma yang kami himpun dari berbagai sumber. Selamat menyimak dan selamat menonton.

 

Awalnya Kulit Putih

Film Ma (Universal Pictures)

Awalnya Sue-Ann ditulis sebagai karakter wanita kulit putih. Karakter ini kemudian dimodifikasi sutradara Tate Taylor menjadi wanita berkulit hitam agar bisa dibawakan Octavia Spencer.

 

Pernah kolaborasi

Tiga bintang film Ma sebelumnya pernah bekerja sama dengan Tate Taylor. Octavia Spencer berkolaborasi dengan Tate Taylor di The Help. Lewat The Help, Octavia Spencer meraih Piala Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Luke Evans serta Allison Janney sebelumnya bekerja sama dengan Tate di film The Girl on the Train.

 

Menyebut John Hughes

Salah satu adegan film Ma menyebutkan nama sutradara John Hughes. Salah satu pemain film Ma, Juliette Lewis, pernah tampil di film John Hughes, yaitu National Lampoon's Christmas Vacation.

Kejenuhan Octavia Spencer

Film Ma (Universal Pictures)

Octavia Spencer setuju membintangi film Ma karena jenuh dengan peran tipikal yang selama ini menghampirinya. Ia belum pernah menjadi pemeran utama. Selain jadi pemain, Octavia Spencer menjabat produser eksekutif.

Terkait keterlibatannya di film Ma, Octavia Spencer menjelaskan, Lupita Nyong'o debut di film horor Little Monster yang tayang di Festival Film Sundance. "Sebelum itu dan sebelum film Ma, tipe karakter seperti ini belum pernah diberikan kepada aktris kulit berwarna. Saya pikir ini masalah waktu yang akan memberi kesempatan," ungkap Octavia Spencer ketika diwawancara Variety, belum lama ini.

 

Menanti setahun

Syuting film Ma dilakukan mulai Februari hingga Maret 2018. Film Ma baru dirilis di Amerika Serikat setahun kemudian, yakni 31 Mei 2019. Penantian yang cukup lama.

 

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Prewedding Cut Meyriska dan Roger Danuarta dengan Pakaian Adat Aceh

Posted: 28 Jul 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cut Meyriska dan Roger Danuarta telah melangsungkan lamaran pada Minggu sore, (28/7). Keduanya tampak bahagia dan kompak kenakan pakaian warna biru muda. Suasana lamaran yang digelar outdoor itu begitu haru. Hadir pula, anggota keluarga dari masing-masing pihak.

Diketahui, keduanya sempat menyangkal hubungan asmara yang terjalin. Bahkan sempat dikabarkan ayah Cut Meyriska tidak merestui hubungan anaknya dengan Roger Danuarta. Namun kini keduanya membuktikan keseriusan menuju jenjang selanjutnya.

Sebelumnya, undangan pernikahan kedua pasangan selebritis Cut Meyriska dan Roger sudah lebih dahulu tersebar di media sosial. Mereka diketahui akan melangsungkan pernikahan di Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Tidak hanya itu pasangan ini juga sudah beberapa kali melakukan pemotretan bersama.

Baru-baru ini potret prewedding mereka kembali membuat heboh. Di balik lensa fotographer Diera Bachir, Roger dan Cut Meyriska kompak mengenakan busana adat Aceh. Seperti yang diketahui, Cut Meyriska merupakan artis berdarah Aceh. Nah, berikut Liputan6.com rangkum dari akun Instagramnya @dierabachir 6 foto prewedding Cut Meyriska dan Roger Danuarta dengan pakaian adat Aceh, Senin (29/7/2019).

1. Sebelumnya, kedua pasangan ini telah beberapa kali melakukan pemotretan prewedding.

Foto Prewedding Cut Meyriska dan Roger Danuarta Dengan Pakaian Adat Aceh (sumber:instagram/dierabachir)

2. Cut Meyriska dan Roger juga pernah melakukan pemotretan prewedding di Masjid Ramlie Mustofa.

Foto Prewedding Cut Meyriska dan Roger Danuarta Dengan Pakaian Adat Aceh (sumber:instagram/dierabachir)

3. Potret cantik Cut Meyriska mengenakan busana adat Aceh yang sangat menawan

Foto Prewedding Cut Meyriska dan Roger Danuarta Dengan Pakaian Adat Aceh (sumber:instagram/dierabachir)

4. Roger Danuarta terlihat sangat gagah saat mengenakan pakaian adat Aceh.

Foto Prewedding Cut Meyriska dan Roger Danuarta Dengan Pakaian Adat Aceh (sumber:instagram/dierabachir)

5. Cut Meyriska dan Roger Danuarta menggunakan busana dengan dominasi warna emas.

Foto Prewedding Cut Meyriska dan Roger Danuarta Dengan Pakaian Adat Aceh (sumber:instagram/dierabachir)

6. Penampilan Cut Meyriska dan Roger Danuarta saat pemotretan mengenakan busana adat Aceh.

Foto Prewedding Cut Meyriska dan Roger Danuarta Dengan Pakaian Adat Aceh (sumber:instagram/dierabachir)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Softbank Kucurkan Dana Segar Rp 28 Triliun untuk Grab di Indonesia

Posted: 28 Jul 2019 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - SoftBank Group Corp akan menyuntikkan dana segar USD 2 miliar atau berkisar Rp 28 triliun (asumsi kurs Rp 14.028 per USD 1) untuk bisnis Grab di Indonesia. Perusahaan menyampaikan rencananya itu kepada pemerintah Indonesia pada hari ini, Senin (29/7/2019).

"Kami sudah berinvestasi sebesar USD 2 miliar di Indonesia. Akan kembali berinvestasi sebesar USD 2 miliar, Menteri Luhut (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan) meminta saya untuk meningkatkan investasi. Jadi saya akan melakukannya," ungkap CEO Softbank Group, Masayoshi Son, di Istana Merdeka Jakarta, Senin (29/7/2019).

Investasi tersebut termasuk di dalamnya pembangunan kantor pusat keduanya di Indonesia. Namun, sejauh ini belum ditentukan wilayah untuk kantor pusat baru Grab tersebut.

"Kami akan membangun kantor pusat kedua di Indonesia. Selain investasi baru USD 2 miliar melalui Grab, kami akan berinvestasi lebih banyak lagi di Indonesia," tutur Masayoshi.

Ditambahkan Luhut, investasi Softbank untuk Grab di Indonesia kemungkinan juga akan ditambah USD 1 miliar lagi.

Kucuran dana USD 2 miliar merupakan gelombang investasi kedua Softbank untuk Grab di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan konglomerasi tersebut juga telah berinvestasi sebesar USD 2 miliar.

"Sekarang sudah USD 2 miliar, lalu Softbank tambah lagi USD 2 miliar. Namun, Softbank akan menambah lagi bilang ke presiden, mungkin USD 1 miliar. Jadi ada USD 5 miliar dalam lima tahun ke depan," kata Luhut.

Namun untuk tambahan USD 1 miliar ini, pihak Softbank masih akan mengkajinya terlebih dahulu. "Saya akan pelajari dulu," sambung Masayoshi.

 

Perkuat Bisnis Grab di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). Masayashi Son datang bersama bos perusahaan dimana Softbank telah menanamkan modalnya, yakni Grab dan Tokopedia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ditambahkan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, investasi baru ini semakin menguatkan bisnis Grab di Indonesia.

Selain kantor pusat baru, katanya, investasi USD 2 miliar juga untuk pengembangan berbagai produk seperti Grab Food, serta Riset dan Pengembangan (R&D) untuk berbagai pengembangan layanannya.

Untuk kantor baru, Ridzki belum bisa memberikan kepastian waktunya. "Timeline-nya akan dibicarakan dengan pak Luhut. Tadi kami sudah setuju dengan pak Presiden juga, serta ini ide pak Luhut membuka kantor pusat baru di Indonesia, dan menjadikan Grab sebagai unicorn di Indonesia," jelasnya.

Secara keseluruhan, investasi ini akan membantu Grab memperluas pasar di Indonesia. Dalam hal ini termasuk rencana kehadiran sejumlah layanan baru, seperti di bidang kesehatan.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Ayam dan Telur Stabil Awal Pekan Ini

Posted: 28 Jul 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan harga cabai dan sayur mayur yang mengalami fluktuasi, harga daging ayam dan telur ayam stabil akhir bulan ini.

Sebelumnya, daging ayam memang dijual Rp 28 ribu per kgnya, dan naik Rp 6.000 menjadi Rp 34 ribu per kgnya. Namun, harga baru ini masih stabil sejak dua minggu lalu.

Salah satu pedagang ayam di Pasar Kelapa Gading, Yetti (34) membeberkan hal tersebut. Dirinya mengaku bersyukur karena saat harga stabil, pendapatan juga ikut terukur.

"Sekarang harga ayam ukuran kecil saya jual Rp 34 ribu - Rp 36 ribu per kgnya, tergantung kecilnya gimana. Kalau yang besar biasanya Rp 50 ribu per kgnya. Alhamdulillah, jadi bisa ngira-ngira lagi per hari dapat berapa," ungkapnya kepada Liputan6.com, Senin (29/7/2019).

Sementara untuk harga telur ayam tidak mengalami kenaikan, tetap di angka Rp 25 ribu per kg.

"Telur berubahnya jarang, mbak, kalaupun naik nggak drastis, naik Rp 2 ribu - Rp 3 ribu tapi besok-besok turun lagi," ujar Dul (36) salah satu pedagang di Pasar Kelapa Gading.

Harga Daging Sapi Juga Stabil

Pantauan pasar harga daging sapi di pasar tradisional (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Daging lainnya, seperti daging sapi has (paha belakang) masih berkisar di angka Rp 130 ribu per kilogram. Sementara untuk daging sapi murni (semur) dihargai Rp 120 ribu per kilogram.

Untuk daging babi berlemak dijual seharga Rp 90 ribu per kilogram.

Sebelumnya, pada pertengahan bulan ini, harga daging sapi dan ayam di pasar tradisional seperti di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, terus menukik naik. Melambungnya harga jual bertolak belakang dengan sisi penjualan yang justru semakin berkurang.

"Naik terus harga daging, tapi jualannya memble," ujar Albar (45), salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, kepada Liputan6.com, Senin (15/7/2019).

Menurut kesaksian Albar, kenaikan harga daging sapi sudah terjadi sejak dari kandangnya. Dia mengaku harus mengeluarkan modal sebesar Rp 108 ribu untuk satu kg daging sapi dari pihak penyetor, untuk selanjutnya ia jual di angka Rp 110 ribu per kg.

Kenaikan harga ini disebutnya telah terjadi sejak sebelum Lebaran Idul Fitri 2019 lalu. "Sebelum Lebaran (dijualnya) Rp 105 ribu (per kg)," sambung Albar.

Harga Ayam di Pasar Kelapa Gading Naik Rp 6 Ribu per Ekor

Pembeli membeli daging ayam di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga daging ayam di pasar tradisional Jakarta kembali naik. Setelah beberapa pekan lalu terpantau di kisaran Rp 28 ribu per ekor, kini harga ayam naik Rp 6.000 menjadi Rp 34 ribu per ekor.

Sebelumnya, harga daging ayam turun karena adanya kelebihan pasokan, dimana stok daging ayam melimpah sedangkan daya beli masyarakat tidak mampu menyeimbanginya.

Salah satu pedagang ayam di Pasar Kelapa Gading, Yetti (34), mengaku bahwa kenaikan harga tersebut tidak berpengaruh besar kepada omzet penjualan. Menurutnya, karena warga Kelapa Gading menyukai ayam maka penjualannya tidak akan mengalami penurunan banyak. 

"Kalau di sini mungkin karena orang-orang suka makan ayam jadinya tetap beli mau naik atau enggak, kemarin pas turun pun pembelinya tetap itu-itu saja, kok, cuma memang kadang belinya banyak, biasanya 1 ekor jadi 2 ekor," tuturnya kepada Liputan6.com, Jumat (11/7/2019).

Saat ini, Yetti menjual ayam ukuran kecil seharga Rp 34 ribu per ekor, sementara untuk harga ayam ukuran besar dilabeli Rp 50 ribu per ekor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Kevin Sanjaya Saat di Luar Lapangan, Gayanya Bikin Pangling

Posted: 28 Jul 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Kevin Sanjaya pasti sudah tidak asing lagi di dunia bulutangkis Indonesia. Baru-baru ini ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon, berhasil menjuarai Jepang Terbuka 2019, Minggu (28/7/2019). Sebagai atlet bulutangkis yang memiliki banyak prestasi, nama Kevin Sanjaya sangat populer di tengah masyarakat Indonesia.

Popularitas Kevin Sanjaya membuat banyak sisi dari dalam dirinya yang kerap menjadi perbincangkan publik. Tak hanya dalam bidang karier, melainkan juga kehidupan pribadi sang atlet. Tak jarang, bak selebritis papan atas, kehidupan pribadi Kevin Sanjaya juga kerap muncul di pemberitaan media.

Pemilik nama lengkap Kevin Sanjaya Sukamuljo ini, terkenal akan tingkah konyolnya saat di pertandingan bulutangkis. Pria kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur ini sudah memiliki segudang prestasi di kejuaraan bulutangkis. Terkenal dengan pribadinya yang super ramah, enggak heran kalau Kevin Sanjaya selalu bikin penggemar wanitanya klepek-klepek.

Berikut 6 potret Kevin Sanjaya di luar lapangan bulutangkis yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/7/2019).

1. Di tengah kesibukannya berlatih dan bertanding, ternyata Kevin Sanjaya juga termasuk atlet yang hobi traveling.

Kevin Sanjaya (sumber: instagram/@kevin_sanjaya)

2. Tak hanya bulutangkis, pria kelahiran 2 Agustus 1995 ini juga hobi naik jetski.

Kevin Sanjaya (sumber: instagram/@kevin_sanjaya)

3. Kevin mengawali debutnya pada Kejuaraan Junior Asia 2012 silam, Kevin diberi julukan si anak ajaib oleh teman-teman atletnya.

Kevin Sanjaya (sumber: instagram/@kevin_sanjaya)

4. Selain traveling dan jetski, ternyata Kevin juga suka memancing. Hal tersebut sering dilakukannya saat tidak ada jadwal di bulutangkis.

Kevin Sanjaya (sumber: instagram/@kevin_sanjaya)

5. Punya banyak penggemar di Indonesia, Kevin ternyata juga punya banyak penggemar di luar negeri. Salah satu atlet putri muda Tiongkok, Wang Xinyuan.

Kevin Sanjaya (sumber: instagram/@kevin_sanjaya)

6. Kini Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan atlet pebulutangkis peringkat 1 dunia bersama Marcus Fernaldi Gideon di sektor ganda putra.

Kevin Sanjaya (sumber: instagram/@kevin_sanjaya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Mudah Tergiur Jika Ada Tawaran Jadi Anggota BIN

Posted: 28 Jul 2019 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, meminta masyarakat tidak tergiur dengan tawaran menjadi anggota Badan Intelijen Negara (BIN) atau aparatur sipil negara (ASN) dengan membayar sejumlah uang kepada oknum yang tidak jelas. Ibauan ini seiring telah ditangkapnya dua orang terduga pelaku penipuan perekrutan BIN dan ASN.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Kombes Pol, Zain Dwi Nugroho mengingatkan, masyarakat hendaknya tidak mudah tergiur dengan adanya modus perekrutan menjadi pegawai BIN yang dilakukan oleh perorangan.

"Sebaiknya cek terlebih dahulu kepada sumber yang jelas, jangan sampai tertipu. Kami telah menangkap dua orang pelaku yang beroperasi di 42 tempat kejadian perkara," kata dia, dilansir Antara, Sabtu 27 Juli 2019.

Ia menuturkan, khusus untuk korban yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini, sudah ada dua orang yang melaporkan kepada petugas dan diharapkan kalau ada korban lain bisa melaporkan kepada petugas untuk difasilitasi.

"Dari 42 tempat kejadian perkara, dari Sidoarjo baru dua orang yang melaporkan kepada kami. Silakan untuk melaporkan kepada petugas, nanti kami akan bantu fasiltasi," katanya.

Ia mengatakan, dalam mengungkap kasus penipuan anggota BIN palsu dengan tersangka ID dan SN itu, petugas menyita barang bukti berupa satu unit senjata air softgun.

"Untuk senjata air softgun yang berhasil disita itu tersangka mengaku mendapatkannya dari seseorang yang kini sedang dikembangkan oleh petugas. Saat itu, pelaku mengaku membelinya seharga Rp1,5 juta," katanya.

Sebelumnya, dua orang anggota Badan Intelijen Negara ( BIN) gadungan diamankan Polresta dan Kodim 0816 Sidoarjo mengakui telah beroperasi di 42 tempat kejadian perkara (TKP) di beberapa kota di Indonesia, termasuk di Sidoarjo.

Kombes Zain Dwi Nugroho mengatakan, dua orang anggota BIN gadungan itu masing-masing berinisial SN dan ID.

"Satu di antara pelaku penipuan ini merupakan disersi kepolisian dengan pangkat terakhir bripka," ujar dia.

TNI Bersama Polri Tangkap Dua Anggota BIN Gadungan di Sidoarjo

Polresta dan Kodam Sidoarjo menangkap dua pelaku penipuan yang mengaku sebagai anggota Bandan Intelejen Nasional (BIN). (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol, Frans Barung Mangera mengatakan, anggota unit Pidum Sat Reskrim dan anggota Sat Intelkam Polresta Sidoarjo bersama dengan anggota Kodim Sidoarjo, menangkap dua pelaku penipuan yang mengaku sebagai anggota Badan Intelejen Nasional (BIN). 

Kedua tersangka tersebut adalah Sunarto (43) Desa Sugihwaras RT 14 RW 04, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Tersangka lainnya Imam Dhofir alias Bambang Supeno (54) asal jalan Bhayangkara RT 00 RW 00, Kelurahan Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Bandar Lampung.

"Penangkapan kedua tersangka itu terjadi pada hari Senin dan Selasa sore tadi sekitar pukul tiga sore," tutur Barung, Selasa, 23 Juli 2019.

Barung menuturkan, kronologis kejadian tersebut berawal pada saat tersangka Sunarto berkenalan dngan tersangka Imam Dhofir, yang mengaku bernama Bambang Supeno, selalu anggota BIN. 

"Tersangka Sunarto ditawari untuk menjadi anggota BIN dengan membayar sejumlah uang kepada tersangka Imam, setelah Sunarto membayar Rp 11,5 juta, selanjutnya tersangka Sunarto mendapat kartu anggota BIN dan surat tugas khusus," kata Barung. 

Setelah mendapat kartu anggota BIN dan surat tugas khusus, tersangka Sunarto merekrut anggota baru (korban), yaith Dicky Istu Wibowo dan Samsul Bahri dengan meminta sejumlah uang

"Dari hasil interogasi tersangka Sunarto sudah melakukan perekrutan sebanyak 4 orang dan tersangka Imam telah melakukan perekrutan sebanyak 24 orang," ucap Barung. 

Kedua tersangka anggota BIN gadungan tersebut akan dijerat dengan dengan pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Obrolan Mahasiswa Saat Bertanya pada Dosen Ini Bikin Naik Darah

Posted: 28 Jul 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah lepas dari bangku sekolah, biasanya seseorang akan melanjutkan ke dunia perkuliahan. Kuliah pada dasarnya memang bakal memberi berbagai pengalaman baru buat hidup, mulai dari yang menarik sampai yang nyebelin abis.

Namun, salah satu hal yang tak terlupakan dari suka dukanya masa perkuliahan ialah dosen. Ya, dosen merupakan salah satu orang yang paling penting dalam dunia kuliah. Pasalnya, semua tugas dan juga nilai yang didapatkan berasal dari dosen mata kuliah.

Namun, enggak jarang juga para dosen ini terkadang bisa menguji kesabaran bagi mahasiswanya. Pasalnya dosen juga memiliki karakter yang unik, ada yang perhatian, ada yang perfeksionis, ada juga yang galak.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com tampilkan 6 obrolan mahasiswa saat bertanya pada dosen ini bikin naik darah, Senin (29/7/2019).

 

 

1. Apakah aku harus bertanya pada rumput yang bergoyang saja bu?

Obrolan Mahasiswa (Sumber: Instagram/@dramawisuda)

2. Lagi ngambek mungkin si bapak~

Obrolan Mahasiswa (Sumber: Instagram/@dramawisuda)

3. Udah jauh-jauh ke kampus ternyata pak dosen sudah pulang, nyesek banget!

Obrolan Mahasiswa (Sumber: Instagram/@dramawisuda)

4. Jadinya yang pergi ke laut siapa nih?

Obrolan Mahasiswa (Sumber: Instagram/@dramawisuda)

5. Udah deh, memang yang namanya dosen itu maha benar!

Obrolan Mahasiswa (Sumber: Instagram/@dramawisuda)

6. Kalau alasan nomor 5 bikin naik darah.

Obrolan Mahasiswa (Sumber: Instagram/@dramawisuda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langganan Vidio Premier di Blibli Dapat Diskon 15%+15%

Posted: 28 Jul 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-8, Blibli hadirkan diskon besar-besaran untuk menikmati konten-konten seru di Vidio Premier. Vidio Premier merupakan salah satu produk unggulan Vidio yang menyajikan konten eksklusif yang berkualitas.

Sebagai layanan video streaming pertama milik bangsa, Vidio menyajikan konten lokal dan internasional seperti live streaming pertandingan olahraga dan berita berkancah internasional, film box office, serial drama korea, hingga original series.

Segera dapatkan promo diskon 15% + 15% untuk setiap pembelian paket Vidio Premier dengan periode langganan 3, 6, atau 12 bulan di Blibli dengan menggunakan kode pembayaran KEJUTAN15.

Hanya dengan beli paket Vidio Premier di aplikasi Blibli dan langsung dapatkan diskon 15% nya dan lanjut dengan masukkan kode promo KEJUTAN15 pada saat pembayaran untuk dapatkan tambahan diskon 15%. Syarat dan ketentuan berlaku selama periode promo dari 24-31 Juli 2019.

Nah, untuk Anda yang ingin nikmati konten-konten seru dan eksklusif di Vidio Premier, langsung saja unduh aplikasi Blibli-mu dan langsung nikmati kejutan diskonnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemput Anak, Nia Ramadhani Dibuat Terkejut

Posted: 28 Jul 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian mengejutkan sempat dialami Nia Ramadhani ketika ia baru saja menjemput anak pertamanya, Mikhayla Zalinda Bakrie, dari sekolahnya.

"Jadi hari ini rencananya aku bakalan jemput Mikha ke sekolah, karena memang kemarin sudah janjian duluan sama dia," ucap Nia Ramadhani dalam video yang ia unggah di YouTube, Minggu (28/7/2019).

Istri Ardi Bakrie ini mengaku sebenarnya jarang menjemput Mikha. Alasannya, lokasi sekolah yang cukup jauh dari kediamannya.

"Gue tuh jarang banget jemput Mikha, karena pertama juga itu jauh banget, terus begitu anak gue juga ada tiga, di rumah juga banyak yang diurusin. Jadi sekali-kalinya jemput, dia tuh senang banget," kata Nia Ramadhani.

Tak Tahu Maksudnya

Foto Eksklusif Nia Ramadhani. (Fotografer: Bambang E. Ros/Fimela.com, Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Fimela.com/ Stylist: Wisnu Genu/Fimela.com, Assymetrical dress & stiletto: Valentino)

Namun, Nia sangat terkejut begitu bertemu dengan anaknya. Sebab, Mikha mengeluarkan kosakata kurang pantas dalam bahasa Inggris saat hendak masuk ke dalam mobil.

"What the h***," ucap Mikha.

"What the h***? Hei, ngomong apa itu?" tanya Nia dengan ekspresi sangat terkejut.

Mikha mengaku ucapan itu didapat dari orang-orang tanpa tahu apa maksudnya.

"Mama syok aku bilang what the h****, aku cuma dengar dari orang-orang," kata Mikha. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhan: TNI Tak Boleh Ambisi Kekuasaan

Posted: 28 Jul 2019 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan TNI tak boleh memiliki ambisi kekuasaan. Karena politik TNI adalah politik negara.

"Dari sejak terbentuknya, TNI adalah tentara rakyat. Berarti kita adalah pengayom bangsa dan TNI harus berdiri di atas semua golongan apapun juga. Artinya politik TNI adalah politik negara dan TNI tidak boleh sedikit pun memiliki ambisi kekuasaan. Saya tegaskan di sini bahwa politik adalah politik negara dan kita harus selalu bersatu," ujar Ryamizard di acara silaturahmi purnawirawan TNI di Gedung AH Nasution, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).

Menurutnya, TNI adalah organisasi panggilan negara, artinya TNI adalah organisasi pejuang.

"Kita bukan organisasi bayaran dan kita bukan organisasi yang dibentuk karena kepentingan tertentu," tegasnya.

TNI terikat sumpah untuk menjaga ideologi Pancasila sesuai marga kedua Sapta Marga. Para anggota maupun purnawirawan TNI memiliki tugas mulia yaitu menjaga Pancasila sebagai ideologi negara. Ryamizard juga mengajak para purnawirawan untuk mencegah dan melawan pihak-pihak yang ingin mengubah ideologi Pancasila.

Silaturahmi purnawirawan TNI dihadiri para purnawirawan jenderal, seperti Agum Gumelar, Djoko Santoso, Kiki Syahnakri dan sejumlah purnawirawan lainnya.

Selain itu hadir pula Kepala Staf Angkatan, beberapa perwakilan Pati TNI, pejabat di lingkungan Kementerian Pertahanan, dan perwakilan berbagai elemen masyarakat.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikann video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelari dari Sabang Sampai Merauke Hingga Mancanegara Ramaikan Pocari Sweat Run Bandung 2019

Posted: 28 Jul 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Untuk ketiga kalinya Pocari Sweat Run Bandung digelar. Kali ini, peserta tak hanya berasal dari Sabang hingga Merauke, tapi juga pelari mancanegara yang ikut berpartisipasi. Dibuka oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat, Pocari Sweat Bandung 2019 digelar di Gedung Sate. Turut hadir pula Ricky Suhendar (Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka), Soraya Larasati (Celebrity Runners), dan Agus Prayogo (atlet nasional).

Kesuksesan Pocari Sweat Run Bandung dapat terlihat dari antusiasme masyarakat terhadap ajang ini di mana jumlah peserta terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tercatat pada 2017 sebanyak 6.500 pelari dan 8.000 pelari pada tahun 2018 ikut serta berpartisipasi. Pada tahun 2019 ini jumlah peserta lari menembus angka 10.000 yang tiketnya berhasil terjual dalam waktu 45 menit. "Pocari Sweat sangat bangga bahwa hari ini Pocari Sweat Run Bandung 2019 dapat kembali sukses digelar. Tentunya kami ingin mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Provinsi Jawa Barat karena perhelatan ini tidak akan dapat berjalan dengan sukses tanpa dukungan yang luar biasa dari Pemerintah. Untuk tahun ini, kami masih mengusung tema yang sama dengan tahun-tahun sebelumya yakni #SafeRunning, kami ingin mengajak dan mendorong masyarakat Indonesia untuk selalu terinspirasi dalam memiliki gaya hidup yang sehat, dan aktif dengan olahraga berlari serta tidak lupa untuk minum Pocari Sweat," terang Ricky Suhendar.

"Pencapaian jumlah pelari yang tembus di angka 10.000 pada tahun ini juga merupakan sesuatu yang luar biasa bagi kami, karena kami terus berupaya untuk dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat setiap tahunnya. Kami berharap ajang lari ini dapat memfasilitasi para peserta untuk bisa berolahraga dengan cara yang menyenangkan persembahan dari Pocari Sweat," sambungnya.

 

Press conference Pocari Sweat Run Bandung 2019

Pocari Sweat Run Bandung 2019 memiliki 4 kategori lari yang dapat dipilih oleh peserta; 5k, 10k, Half Marathon dan Full Marathon. Tahun ini juga ada Pocari Sweat Virtual Run di mana para pelari dapat berpartisipasi dengan berlari di kota atau area masing-masing di tanggal dan jam yang sama saat Pocari Sweat Run Bandung 2019 berlangsung. Hal yang spesial dari ajang lari tahun ini adalah medali untuk para finisher yang sangat unik karena medali di desain langsung oleh Ridwan Kamil.

"Saya mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan seluruh masyarakat Jawa Barat sangat bangga dan senang sekali melihat antusiasme masyarakat dalam berpartisipasi di ajang lari terbesar hari ini. Kami juga berterimakasih kepada Pocari Sweat yang sudah memilih Jawa Barat sebagai tuan rumah selama tiga tahun berturut-turut," ujar Ridwan Kamil.

Menurutnya, ajang ini tentunya bukan hanya sekedar ajang berolahraga akan tetapi juga dapat meningkatkan sektor ekonomi maupun pariwisata kota Bandung.

"Saya berharap acara ini dapat memotivasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa Barat akan pentingnya memiliki gaya hidup sehat," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Banten Dipicu Aktivitas Lempeng Indo-Australia, Apa Itu?

Posted: 28 Jul 2019 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Bayah - Bayah, Banten, diguncang gempa bermagnitudo 5,2 pada Minggu, 28 Juli 2019 pukul 21.25 WIB --lindu ini kemudian dimutakhirkan menjadi M 4,9, menurut keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Gempa bumi tersebut terjadi karena aktivitas lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia, sebagaimana dijelaskan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa itu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan pergerakan obliq naik (thrust-oblique).

Pusat gempa berada pada koordinat 7.42 LS,106.03 BT dengan kedalaman 10 kilometer (km), atau masing-masing:59 km Barat Daya Bayah-Banten, 67 km Tenggara Muarabinaungeun-Banten, 75 km Barat Daya Sukabumi-Jawa Barat, 146 km Barat Daya Serang-Banten, dan 164 km Barat Daya DKI Jakarta.

Gempa itu termasuk kategori gempa bumi dangkal. Berdasarkan hasil pemodelan, gempa di selatan Banten tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, dampak gempa --berdasarkan laporan masyarakat-- dirasakan di Pelabuhan Ratu, Cisolok, Malingping dan Sukabumi Selatan dalam skala intensitas III MMI, Depok, Tangerang, Serang, Rangkasbitung, Sawarna, Panggarangan, Menes, Carita dan Munjul II-III MMI, Lembang, Jakarta dan Karawang II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. Sedangkan berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock) hingga pukul 22.01 WIB.

Lalu, apa itu lempeng Indo-Australia?

Mengutip situs www.revolvy.com, lempeng Indo-Australia adalah lempeng tektonik utama yang mencakup benua Australia dan samudra di sekitarnya, dan meluas ke barat laut hingga mencakup anak benua India dan perairan yang berdekatan.

Lempeng itu dibentuk oleh perpaduan lempeng India dan Australia sekitar 43 juta tahun yang lalu, membentang dari Antartika di selatan ke Himalaya, Kepulauan Indonesia dan New Guinea di utara, dan ke Selandia Baru di timur.

Gerakan Lempang

Bagian timur (Australia) bergerak ke utara pada kecepatan 5,6 cm (2,2 inci) per tahun. Sedangkan bagian barat (India) bergerak hanya pada laju 3,7 cm (1,5 inci) per tahun karena terhambatnya Himalaya.

Pergerakan diferensial ini menghasilkan kompresi pelat sebelumnya di dekat pusatnya, di Sumatra, dan membagi ke dalam lempeng India dan Australia.

Kekuatan pendorong lainnya yang diyakini menggerakkan lempeng Indo-Australia adalah subduksi di sepanjang batas utara lempeng tersebut, karena berada di wilayah yang banyak gunung berapi atau dikenal sebagai Ring of Fire (Cincin jika Api Pasifik).

Dalam kasus subduksi lempeng, ia ditarik ke bawah sepanjang zona subduksi oleh gravitasi.

Pemisahan

Studi terbaru, dan bukti dari peristiwa seismik seperti gempa bumi Samudra Hindia 2012, menunjukkan bahwa Lempeng Indo-Australia mungkin telah terpecah menjadi dua atau tiga lempeng terpisah, karena tekanan yang disebabkan oleh tabrakan lempeng Indo-Australia dengan Eurasia, yang kemudian menjadi Himalaya.

Selain itu juga lempeng India dan lempeng Australia telah terpisah setidaknya 3 juta tahun yang lalu.

 

Perbatasan dan Gerakan Tektonik

Para wanita memanjatkan doa saat melarung bunga persembahan dalam upacara penghormatan untuk korban tsunami Samudra Hindia tahun 2004 di Pantai Pattinapakkam, Chennai, India, Rabu (26/12). (ARUN SANKAR/AFP)

Berdasarkan earthhow.com, lempeng Indo-Australia adalah salah satu dari 7 batas lempeng tektonik utama Bumi. Lempeng ini adalah lempeng terkecil kedua yang ukurannya sedikit lebih besar dari lempeng Amerika Selatan.

Dari namanya, kita mungkin bisa mengidentifikasi bahwa lempeng tersebut terdiri dari India dan Australia, tetapi seperti kebanyakan batas lempeng tektonik, mereka sebenarnya terdiri dari bagian benua dan kerak samudra.

Lempeng Indo-Australia mencakup sebagian besar Samudra Hindia. Berbatasan dengan lempeng Eurasia di utara, lempeng Antartika di selatan dan lempeng Pasifik di timur.

Sifat lempeng Indo-Australia adalah continental drift, berarti lempeng ini tidak pernah diam. Seiring waktu, lempeng bergerak dengan kecepatan seperti siput, lamban. Misalnya, lempeng Indo-Australia bergerak dengan laju rata-rata sekitar 3 sentimeter per tahun.

Dua lempeng terpisah, tetapi sering dianggap sebagai satu kesatuan

Lempeng Indo-Australia adalah lempeng utama yang menggabungkan lempeng Australia dan India. Namun keduanya secara luas dianggap sebagai dualempeng terpisah.

Lempeng Indo-Australia membentang dari Australia ke India, termasuk kerak samudra dari Samudra Hindia. Sisi utara-timur lempeng Australia bertemu dengan lempeng Pasifik.

Dahulu kala, Australia, India, dan Antarktika pernah terhubung sebagai Gondwana yang sangat besar. Lalu, sebagai bagian dari siklus superkontinental, India terpisah, bergerak ke utara.

Lempeng Indo-Australia adalah batas lempeng tektonik terbesar keenam yang ada di dunia, dengan luas sekitar 58.900.000 km2.

Formasi Pegunungan Himalaya

Suasana pemandangan Gunung Himalaya, Gunung Ama Dablam (Kiri) (ketinggian 6812 meter) dari desa Khumjung di wilayah Everest, sekitar 140km timur laut Kathmandu (16/4). (AFP Photo/Prakash Mathema)

Sekitar 50 juta tahun yang lalu, lempeng India dan lempeng Eurasia mulai bertabrakan satu sama lain dan membentuk pegunungan Himalaya. Sampai hari ini, batas lempeng konvergen tersebut masih bisa menciptakan rangkaian pegunungan baru.

Karena batas lempeng tektonik mengandung kerak samudra dan benua, lempeng Indo-Australia berisi fitur-fitur berikut:

1. Kedua negara, India dan Australia, terletak di lempeng Indo-Australia.

2. Sri Lanka, Fiji, Vanuatu dan beberapa bagian Selandia Baru, Pakistan, dan Papua Nugini terletak di lempeng ini.

3. Lempeng Indo-Australia terdapat sebagian besar Samudra Hindia dan Laut Tasman antara Australia dan Selandia Baru.

Lempeng Australia terdorong ke lempeng Pasifik di sepanjang negara Selandia Baru yang menyebabkan gempa bumi dahsyat.

Misalnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 8,2 di Wairarapa, Selandia Baru, pada 1855 dan merupakan yang terbesar dalam sejarah Negeri Kiwi.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menakar Startup Pariwisata Indonesia di Tengah Persaingan Pasar Milenial

Posted: 28 Jul 2019 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengunjungi pameran wisata kini bukan sekadar berburu tiket murah. Ada banyak hal yang semestinya didapat selain kaki pegal, yaitu pengalaman semi wisata. Penyelenggara pameran biasanya punya booth khusus yang menyediakan teknologi Virtual Reality (VR), dari situ calon traveler bisa melihat seindah apa destinasi wisata yang akan mereka kunjungi.

Itu yang dilakukan Mita saat berkunjung ke salah satu pameran pariwisata di Jakarta. Tanpa takut-takut, dia langsung memakai alat peraga VR, dan meminta diputarkan destinasi wisata hits.

"Biar ada gambaran," kata dara cantik 21 tahun itu.

Mita salah satu dari begitu banyak milenial yang mulai mengubah kebiasaan umum. Bukan lagi melihat brosur dan gambar destinasi wisata yang dibuat menawan pada pamflet iklan, tapi benar-benar merasakan sensasi berada di destinasi tersebut menggunakan teknologi VR.

Milenial adalah kunci. Kalimat itu perlu diresapi banyak orang yang bernaung dalam wadah besar bernama pariwisata Indonesia. Mulai dari penyedia jasa open trip kecil-kecilan hingga penentu kebijakan, yaitu pemerintah.

Data Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengungkap, wisatawan milenial jumlahnya mencapai 50 persen dari jumlah wisatawan secara global. Persentase itu diproyeksikan bakal tumbuh berkali lipat.

Pertumbuhan itu ditandai dengan berubahnya gejala budaya di lapangan, Mita tadi contoh paling simpel. Go digital yang membuat semuanya semakin mudah juga mendorong perubahan perilaku traveler saat ini, mereka cenderung mandiri dan individual.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam satu pertemuan pernah mengatakan, wisman Tiongkok yang dahulu dikenal sebagai group tourism, kini berubah menjadi individual tourism

"Sekarang 70 persen wisman Tiongkok itu individual, 23 persen di antaranya usia 15-23 tahun," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya. 

Itu baru jumlah wisman milenial dari Tiongkok, yang notabene menjadi angka wisman terbesar di Indonesia. Bagaimana di Indonesia sendiri?

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, setidaknya ada sekitar 23,95 persen anak milenial dari total 265 juta jiwa penduduk Indonesia pada 2018. Kelompok anak milenial itu mengacu pada rentang usia antara 20-34 tahun. Itu artinya, ada sekitar 60 juta penduduk Indonesia yang masuk dalam kelompok milenial, dan jumlahnya akan terus bertambah.

Diproyeksikan antara tahun 2020 hingga 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Pada saat itu, jumlah milenial akan sangat banyak, presentasenya menembus angka 40 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Namun yang perlu dicermati adalah, anak muda Indonesia punya interaksi digital yang sangat unik dan berbeda. Meski paparan internet dan media sosial merasuk ke anak muda Indonesia sampai ke pelosok, nyatanya itu tidak lantas membuat mereka menjadi anti-sosial dan individualis.

Muhammad Faisal, pendiri Youth Laboratory Indonesia dalam bukunya Generasi Phi mendukung premis itu. Keunikan itu terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah latar belakang kehidupan sosial politik anak muda Indonesia.

"Ini sangat berbeda dengan tren anak muda di Cina, Jepang, dan India, sebagaimana dilaporkan 'partner research' Youthlab. Penetrasi yang semakin tinggi dari mobilephone dan media sosial membuat anak muda di Cina, Singapura, India, dan Jepang kian individualis," katanya.

Yang terjadi pada anak muda Indonesia justru sebaliknya, paparan internet dan peranti media sosial malah menjadikan mereka semakin berinisiatif untuk offline, melakukan pertemuan tatap muka langsung. Tidak heran jika komunitas traveler yang awalnya dari blog dan milis, kini berkembang menjadi pertemuan rutin, jalan bareng, dan berwisata bertemu orang baru.

 

Butuh Banyak Inovasi

Sejumlah orang melakukan aktifitas di sebuah ruangan di Menara Kibar di Jakarta, Selasa (29/8). Menara Kibar ini memiliki lima lantai yang bisa dijadikan wadah bagi para startup digital untuk menciptakan inovasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gejala itu yang terbaca Tiketdotcom, salah satu stratup perjalanan milik Indonesia, dengan melebarkan jangkauannya. Tidak hanya menjual tiket transportasi (pesawat dan kereta) dan akomodasi (sewa hotel), tapi juga membuka menu baru, yaitu entertainment dengan salah satu submenunya activity (open trip).

Di situ, traveler bisa memilih beragam paket wisata dalam dan luar negeri yang dilakukan secara berkelompok.

Gaery Unardi, CEO Tiketdotcom saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (25/7/2019) mengaku, gerbongnya tengah berada di jalur yang tepat untuk menghadapi persaingan merebut pasar milenial, baik di dalam maupun luar negeri.

"Kami terus mengembangkan inovasi fitur dan produk berbasis riset dan data," katanya.

Menurut riset, kata Gaery, anak muda termasuk di Indonesia, tidak bisa setia pada satu brand. Mereka cenderung berpindah-pindah sesuai kebutuhan saat menggunakan startup marketplace pariwisata. Saat mencari tiket misalnya, mereka akan mencari di dua atau tiga brand marketplace dalam waktu yang sama untuk mencari harga terbaik.

"Ini yang menjadi tantangan ke depan," katanya.

Tantangan tersebut telah dijawab anak-anak muda Indonesia, baik di kota maupun di desa, di kantung-kantung inkubator, di tiap jaringan co-working space mereka berpacu mengembangkan startup dengan beragam tipe. Mulai dari tipe pemberdayaan masyarakat, trip planner, penyedia layanan akomodasi dan transportasi, sampai ke tipe media travel dengan berbagai konten kreasi di dalamnya.

Itu juga yang dikatakan Jefri Pratama, pegiat Startup Tourism Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Startup Founder (IDSF). Kepada Liputan6.com Jefry mengatakan, indikator perkembangan startup pariwisata sangat cepat terlihat dari banyaknya jumlah model startup garapan anak muda yang muncul belakangan ini.

IDSF, sebuah komunitas startup dari berbagai daerah yang berkedudukan di Solo itu mencatat, dari ribuan startup garapan anak muda Indonesia, puluhan di antaranya adalah startup pariwisata dengan beragam model.

"Mulai dari yang marketplace sampai yang konten kreator ada," katanya.

Dirinya juga mengatakan, selain ide-ide kreatif yang muncul dari anak muda, perkembangan startup pariwisata di Indonesia sangat pesat lantaran adanya dukungan penuh dari pemerintah.

"Sekarang enak banget, pemerintah memfasilitasi. Ada Genpi, wonderful startup academy, ITX. Regulasi juga mendukung. Tinggal startup-startup aja nih yang menyesuaikan," ungkap Jerfy.

Meski demikian, keterbatasan dana dan inkonsistensi menjadi hambatan klasik bagi pegait startup untuk bisa berkembang. Apalagi, kata Jefry, pemerintah (dalam hal ini Kementerian Pariwisata) sampai saat ini belum mau menggandeng marketplace lokal dalam berbagai program mereka.

Namun Jefry meyakini anak-anak muda Indonesia, khususnya yang bergerak dalam bidang startup pariwisata, mampu bersaing secara global. Apalagi Indonesia sendiri punya pangsa pasar yang potensial dengan jumlah anak muda mencapai 40 persen dari jumlah penduduk.

"Saya sih optimis banget, Indonesia bisa menghadapi bonus demografi. Makanya open trip-open trip sekarang harusnya sudah mulai bikin diferensiasi nih. Jadi bener-bener personal touch-nya ke milenials. Biar mereka nyaman," katanya.

 

Jangan Jadi Penonton di Negeri Sendiri

Dalam mencari smartphone, ada tiga hal yang diutamakan oleh generasi milenial. Apa saja? (foto: shutterstock)

Iklim startup pariwisata Indonesia yang baik apalagi dengan dukungan masif dari pemerintah, seharusnya menjadi kesempatan bagi anak-anak muda Indonesia untuk menghasikan sesuatu yang berbeda. Indonesia memang kaya akan keindahan alam, itu fakta yang tak bisa dipungkiri. Potensi pemanfaatan beragam destinasi wisata lainnya, ini yang perlu menjadi perhatian. Artinya tidak melulu bicara keindahan alam, mengingat Indonesia juga kaya budaya.

Jangan menutup kemungkinan suatu saat Indonesia bisa menjadi tujuan wisata musik di Asia dengan Bandung sebagai destinasinya, tujuan wisata kopi yang dilengkapi jalur kopi Nusantara, tujuan wisata bangunan art-deco, tujuan wisata teater tradisional, hingga tujuan wisata horor.

Ini sejalan dengan apa yang diungkapkan Gaery, Indonesia perlu pemerataan pariwisata domestik, karena itu akan mencerminkan keunikan yang ada di Indonesia, sehingga menggoda pasar milenial, baik dalam maupun luar negeri.

Ibarat lomba memancing ikan, semua peserta telah melempar joran. Umpan siapa yang bakal banyak disambar, itu tergantung perencanaan, strategi, dan kepintaran kita membaca situasi. Pesannya, jangan sampai Indonesia hanya jadi penonton di negerinya sendiri.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Khofifah Minta Perusahaan Berinovasi Kelola Sampah

Posted: 28 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jawa Timur), Khofifah Indar Parawansa menekankan, pentingnya pengelolaan lingkungan terutama sampah agar menjadi bermanfaat.

Khofifah Indar Parawansa menuturkan, perlu inisiasi, inovasi teknologi yang bisa mengelola sampah, tidak sekadar menjadi kompos dan gas. Akan tetapi, hingga energi sehingga bisa menjadi sumber listrik.

Lebih lanjut Khofifah mengajak kepada semua pihak yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan untuk terus mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan.

"Teruslah menyemai tradisi untuk mengajak murid-murid di masing-masing unit pendidikan, bahwa mereka hidup sehat karena bersahabat dengan alam," imbuh dia, seperti ditulis Senin (29/7/2019).

Terkait laporan pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup tahun 2019, PT Bumi Suksesindo (BSI), anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, mempunyai jurus jitu mengenai tata cara pengelolaan lingkungan di areal perusahaan tersebut.

Dari kerja keras serta komitmen yang tinggi, BSI menuai buah dari usahanya tersebut dengan kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, atas Laporan Pelaksanaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2019. 

Penyerahan piagam penghargaan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Jawa Timur di Kompleks Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Probolinggo, diserahkan Khofifah Indar Parawansa kepada Direktur PT BSI, Cahyono Seto, Minggu 28 Juli 2019.

Cahyono Seto menuturkan, selama ini pihaknya telah mengelola dan memantau lingkungan secara rutin. Pengelolaan dan pemantauan lingkungan dilakukan secara menyeluruh baik di dalam maupun di luar area penambangan, yang menitikberatkan pada komponen lingkungan berupa tanah, air, udara, flora, dan fauna.

"Kegiatan pencegahan erosi, reklamasi lahan, dan pengelolaan limbah B3 merupakan bagian penting yang selalu dilakukan. Kami merasa senang atas penghargaan yang diterima perusahaannya. Kami sangat bersyukur dengan penghargaan ini yang menunjukkan komitmen kami di bidang lingkungan diakui pemerintah," ujar Seto. 

Selain itu, tim juga terus melakukan pemantauan lingkungan area tambang, meliputi tanah, air, dan udara. "Dalam pelaksanaan pemantauan lingkungan, kami melibatkan konsultan independent, dan pemerintah memastikan objektivitas hasil pemantauan," tegas Seto.

Selanjutnya

Kegiatan hari lingkungan hidup sedunia diselenggarakan di Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Hasil pengelolaan dan pemantauan lingkungan tersebut kemudian dilaporkan kepada pemerintah sebagai pihak yang berwenang dalam pengawasan. PT BSI melaporkan hasil pemantauan lingkungannya secara berkala setiap tiga bulan.

Seto menambahkan, sejak awal pihaknya serius untuk melaksanakan pengelolaan dan pemantauan lingkungan dengan baik di wilayah operasinya. "Penghargaan ini menambah semangat kami untuk terus meningkatkan program lingkungan yang baik yang sesuai dengan standar nasional, bahkan internasional," pungkas Seto.

Terkait dengan imbauan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk menggalakkan penanaman pohon cemara udang atau cemara laut (Casuarina Equisetifolia) di sepanjang pesisir pantai, PT BSI bahkan telah memulainya sejak 2017. 

Sebanyak 4.000 batang cemara udang atau cemara laut, ditanam oleh PT BSI di areal seluas 25 hektar. Diantaranya di wilayah pesisir Lampon dan Purwoharjo, di sepanjang Pantai Pulau Merah, Banyuwangi.

"Kami akan terus melakukan pembibitan cemara udang ini di areal pembibitan tambang, karena itu baik untuk areal alam pantai. Kami juga akan pengayaan vegetasi di areal penanaman di daerah Rawa Jambe. Kami berkomitmen mendukung gerakan penanaman pohon cemara udang oleh Gubernur Jawa Timur," ujar Corporate Communication Manager PT BSI, T.Mufizar Mahmud.

Selain melakukan pembibitan cemara udang atau cemara laut, PT BSI juga melakukan pembibitan pohon jambu, duwet, nangka, salam dan lainnya. PT BSI siap melakukan kerja sama untuk kegiatan penghijauan lingkungan sekitar maupun luar areal tambang. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Bakal Gandeng Selebgram Tangkal Isu Hoaks

Posted: 28 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri seminar Keterbukaan Informasi Publik dengan tema Era Keterbukaan Informasi. Seminar tersebut dihadiri oleh berbagai perwakilan pemerintah dari beberapa provinsi dan Kementerian/Lembaga.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani menjelaskan pentingnya menyediakan informasi yang valid dan transparan kepada masyarakat di era teknologi yang semakin maju. Dia juga mengatakan akan mengajak influenser seperti youtuber dan selebgram menyebar informasi seputar keuangan negara.

"Kami akan gunakan influencer juga agar masyarakat punya appetite informasi-informasi keuangan negara. sehingga mereka tak dihinggapi informasi yang salah," ujar Sri Mulyani di Aula Mezanine, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Informasi yang beredar pada masyarakat sering kali tak sesuai dengan yang seharusnya yang kemudian digunakan untuk menyebar kebohongan. Hal ini kemudian, harus diantisipasi agar tidak membuat masyarakat terpecah belah.

"Di era keterbukaan informasi ini persoalan paling rumit terlalu banyak informasi dan kebanyakan garbage informasi," jelas Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut pun mengajak masyarakat mulai dari youtuber dan selebgram untuk memerangi berita yang bersifat hoaks. Dengan begitu, informasi sapat diterima baik oleh masyarakat tanpa menimbulkan polemik.

"Kita memang berperang informasi di tengah banyaknya disinformasi, Seolah informasi benar tapi itu menyesatkan. Jadi bagaimana masyarakat bisa bedakan hoaks dan kredibel itu suatu peperangan hari ini. Kita akan terus menerus meminta kepada seluruh stakeholder yang bisa influence keseluruhan," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Sri Mulyani: Masih Banyak Pengusaha Mangkir Bayar Pajak

Menkeu Sri Mulyani memberi sambutan saat seremonial pembangunan Kantor Pusat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Selasa (2/4). Gedung Indonesia Financial Center diperuntukkan bagi OJK dan Kementerian Keuangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui pengusaha di Indonesia masih ada yang masuk dalam kategori kelas merah.

Kelas merah yang dimaksud adalah melakukan pengindaran pembayaran pajak yang seharusnya disetorkan kepada negara.

"Namun harus di akui di republik ini ada juga segmen masyarakat yang memang kelas merah. Yang memang itu kadang kadang melakukan penghindaran," ujar Sri Mulyani saat memberi paparan dalam Seminar Astra di Menara Astra, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Dalam mendorong masyarakat kelas merah menjadi taat pajak, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai terus melakukan pendekatan agar masyarakat dan perusahaan lebih terbuka. Sehingga dalam pembayaran pajak antara petugas dan wajib pajak lebih baik.

"Jadi bagaimana menangani yang seperti ini? Pengawasan dan enforcement kita lakukan melalui Ditjen pajak dan Beacukai. Let the move, atau bahasanya suruh mereka hijrah dari tidak baik menjadi baik. Kamu bantu biar menjadi formal. Kalau tidak formal ya begitu, kadang-kadang kalau kita jadi Tom and Jerry," jelas Sri Mulyani.

Reputasi Astra

(Foto: Istimewa)

Untuk Astra Grup, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut mengatakan, tidak akan melakukan penipuan pajak. Sebab, perusahaan tersebut memiliki reputasi yang harus dijaga.

"Kami percaya Astra tidak akan melakukan sesuatu yang jelek. Karena reputasi anda lebih penting daripada melakukan penipuan apalagi kecil-kecilan. Dan saya tentunya berharap seliruh perusahaan di Indonesia punya definity value seperti itu," jelas Sri Mulyani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Lyon, Pelatih Arsenal Lebih Suka Bicarakan Transfer Nicolas Pepe

Posted: 28 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, London- Pelatih Arsenal, Unai Emery seperti tak terlalu memusingkan kekalahan 1-2 timnya dari Lyon pada laga Piala Emirates, Minggu (28/7/2019). Dia lebh menyukai untuk bicara untuk transfer musim depan.

Salah satu yang membuat Arsenal gembira yaitu bakal segera rampungnya transfer Nicolas Pepe dari Lille. Seperti diketahui, Arsenal bakal segera merampungkan transfer Pepe dengan banderol 80 juta euro (Rp 1,3 Triliun). 

Emery menyebut winger Pantai Gading itu sebagai pemain bagus. Dia meyakini Pepe bisa membantu Arsenal dalam memperbaiki kualitas tim.

Pepe mengejutkan publik Eropa karena dikabarkan memilih Arsenal. Dia sudah menolak tawaran dari empat klub besar Liverpool, Manchester United, Napoli dan PSG.

Arsenal kagum dengan Pepe yang bisa mencetak 23 gol dan 12 assist musim lalu bersama Lille.

 

 

Belum Selesai

Nicolas Pepe diminati Arsenal (PHILIPPE HUGUEN / AFP)

Meski segera mendapatkan Pepe, Emery mengaku akan terus mencari pemain untuk memperkuat tim. Dia berharap skuat terbentuk sebelum 11 Agustus.

"Klub ini memikirkan cara bagaimana bisa berkembang. Ada beberapa pemain yang bisa dikejar," ujarnya seperti dikutip Goal.com.

"Pepe pemain yang sangat bagus. Kami hanya inginkan pemain yang bisa memperbaiki tim. Kami ingin siapkan pemain terbaik untuk duel pertama lawan Newcastle."

Dapat Dukungan

Sementara itu, pelatih Lyon Sylvinho mendukung Pepe untuk sukses di Arsenal. Sylvinho merupakan mantan bek di Arsenal.

"Pepe pemain top dan bisa menambah kekuatan Arsenal," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wisata Tangkuban Parahu Batal Dibuka Hari Ini, Kenapa?

Posted: 28 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengelola wisata Tangkuban Parahu batal membuka lokasi untuk para pengunjung. Kawasan tersebut baru bisa dimasuki para pedagang. Apa alasannya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dekati Naomi Zaskia, Sule Lakukan 3 Cara Ini

Posted: 28 Jul 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Naomi Zaskia kini menjadi wanita spesial di hati komedian Sule. Meski awalnya sempat malu-malu, kini Sule dan Naomi Zaskia sudah mulai berani menunjukan kemesraan mereka dihadapan publik terutama di media sosial.

Beberapa kali Naomi Zaskia muncul dalam chanel YouTube milik Sule. Tak hanya itu, yang terbaru Sule menggandeng Naomi Zaskia di pernikahan Siti Badriah beberapa waktu lalu.

Namun untuk merebut hati Naomi Zaskia Sule membutuhkan perjuangan yang ekstra. Terlebih Terlebih usianya dengan Naomi Zaskia terpaut 20 tahun. Berikut beberapa hal yang pernah dilalui Sule demi sang kekasih.

 

Izin Anak

Naomi Zaskia - Sule (Foto: Instagram)

Sebelum mendekati Naomi Zaskia, Sule terlebih dahulu meminta izin kepada 4 anaknya buah pernikahan terdahulunya dengan Lina.

Sule sengaja melakukan hal itu, agar tak menyakiti hati anak-anaknya karena menjalin asmara dengan seorang wanita usia bercerai dengan Lina.

Tak hanya diizinkan berpacaran, Sule juga mendapatkan izin anak-anaknya untuk menikah lagi.

"Ayah sebelum Putri tahu sudah cerita ke Putri duluan. Awalnya, kayak boleh nggak sih ayah deket sama cewek lain. Oh iya boleh. Ya sudah ayah kasih tahu, kasih tahulah Naomi," kata Putri Delina di kawasan BSD City, Tangerang Selatan belum lama ini.

 

Diusir

Potret Cantik Naomi Zaskia (sumber: Youtube.com/sule channel & Instagram.com/naonomnom)

Sule sepertinya tak main-main menjalin hubungan asmara dengan Naomi Zaskia. Ia mengaku sempat diusir saat bertamu ke rumah wanita blasteran Jerman-Bali. Hal itu diungkapkan Sule melalui vlog miliknya.

"Aku diusir dari rumah dia tahu. Jauh-jauh aku disuruh pulang, (Naomi bilang) 'ngapain ke sini', (saya bilang) 'aku kan mau ketemu'. (Naomi bilang) 'aku nggak mau ketemu'. Oh ya sudah aku pulang ya, sedih," kata Sule.

 

Naik Wahana Ekstrim

Sule dan Naomi Zaskia (Sumber: brilio)

Apapun dilakukan oleh Sule untuk meraih hati Naomi Zaskia. Ia menerima tantangan Naomi Zaskia untuk menjajal wahana ekstrem di salah satu tempat bermain di Jakarta. Padahal selama ini, Sule tidak pernah menaikinya dah hanya melihat saja.

Meski wajahnya terlihat pucat usai menaiki wahana ekstrem tersebut, Sule berusaha tetap tegar dihadapan Naomi Zaskia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Asha Shara, Pesinetron yang Pernah Mengisi Hati Raffi Ahmad

Posted: 28 Jul 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presenter sekaligus pesinetron Raffi Ahmad kembali mengejutkan publik dengan pengakuannya. Raffi Ahmad membeberkan sosok wanita yang pernah mengisi hatinya sebelum mantap menikah dengan Nagita Slavina.

Dalam sebuah acara talkshow yang dipandunya, Raffi Ahmad terkejut saat melihat foto seorang wanita tiba-tiba terpampang nyata di hadapannya. Ialah Asha Shara, pesinetron berdarah Aceh dan Arab yang dikenal dengan peran antagonisnya.

Dhawiya Zaida yang saat itu diundang sebagai bintang tamu pun mengungkapkan bahwa dirinya sempat diperintah untuk menemani Raffi dan Asha berduaan. Dalam acara yang tayang Senin pagi (29/7/2019), raut wajah Raffi Ahmad tampak jelas tengah menahan malu lantaran rahasianya terungkap.

Seperti diketahui, Raffi Ahmad dikenal dengan imej-nya yang suka gonta-ganti pacar. Sebelum menikah dengan Nagita Slavina, beberapa nama selebriti pun masuk ke dalam daftar wanita yang pernah Raffi kencani. Salah satunya Asha Shara, pesinetron kelahiran tahun 1987.

Lantas seperti apa pesona Asha Shara yang disebut pernah mengisi hati Raffi Ahmad? Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan 6 potretnya, seperti yang telah dihimpun dari akun Instagram @ashasyara, Senin (29/7/2019).

1. Asha Shara terjun ke industri hiburan menjajal bakat aktingnya sejak tahun 2000 silam.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

2. Karena wajahnya yang tegas, Asha kerap mendapat tawaran peran antagonis.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

3. Pada pertengahan tahun 2018 silam, Asha Shara memutuskan untuk berhijab dan mengubah penampilannya.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

4. Asha Shara kini telah berstatus ibu dua anak setelah menikah dengan seorang pengusaha berdarah Arab tahun 2012 lalu.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

5. Asha Shara juga hadir dalam acara Henna Night menjelang pernikahan Tania Nadira

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

6. Begini penampilan Asha Shara sebelum memutuskan untuk mengenakan hijab

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jabat Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Justru Belum Jadi Kader Partai Gerindra

Posted: 28 Jul 2019 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Eks Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak ditugaskan Ketua Umum Partai Gerindra sebagai juru bicaranya. Namun, Dahnil mengaku masih pertimbangkan menjadi kader Gerindra.

"Saya masih pertimbangkan untuk bergabung. Saya akan berdiskusi banyak dengan Pak Prabowo," ujar Dahnil ketika dihubungi di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Dahnil memahami, jika dirinya harus menjadi kader Gerindra. Sebab, kini ia dipercaya sebagai juru bicara ketum Partai Gerindra.

"Ya idealnya jadi kader saya pahami itu. Karena menurut saya selain jubir pribadi beliau juga ketua umum Gerindra," kata dia.

Dahnil merasa terhormat dengan penugasan tersebut. Apalagi dia bakal banyak bertemu dan berdiskusi dengan mantan Danjen Kopassus itu.

"InsyaAllah saya berusaha mencoba menerjemahkan dan menyampaikan apa yang menjadi perspektif Pak Prabowo kepada publik," kata mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, Dahnil sudah otomatis menjadi kader. Sebab, Dahnil sudah menjadi jubir Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto.

"Saudara Dahnil secara resmi telah menjadi anggota Gerindra," kata dia.

Dasco pun menjelaskan, alasan ditunjuk Dahnil sebagai jubir Prabowo. "Karena ada beberapa pihak yang pada saat pilpres menjadi jubir atau pengurus yang sering bicara di hadapan media tentang suatu isu, yang sebenarnya kadang belum ada pernyataan resmi dari Pak Prabowo," ucapnya.

Umumkan Lewat Twitter

Capres 02 Prabowo Subianto memberi sambutan saat menghadiri syukuran kemenangan di kediaman Prabowo, di Kertanegara, Jakarta, Jumat (19/4). Prabowo didampingi sejumlah politisi dan para ulama dalam acara syukuran kemenangan tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjuk Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai juru bicaranya. Sebelumnya, Dahnil merupakan koordinator jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Hal itu disampaikan Prabowo melalui akun Twitternya @prabowo pada Minggu 28 Juli 2019 malam.

"Selamat malam sahabat, selamat berakhir pekan. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa mulai ke depan saya dibantu Bung @Dahnilanzar sebagai juru bicara resmi Ketua Dewan Pembina / Ketua Umum Partai @Gerindra," kicau Prabowo di akun resminya.

Ke depannya, mantan Ketum PP Pemuda muhammadiyah itu memiliki kewenangan berbicara ke publik atas nama Prabowo.

"Untuk itu, jika ada pertanyaan dan diskusi yang tidak sempat kita jalin melalui twitter dan fanpage pribadi saya, sahabat juga dapat menanyakan pandangan dan pernyataan saya kepada Bung @dahnilanzar. Terima kasih atas perhatiannya," cuit Prabowo.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensesneg: Istana Jaga Netralitas Pansel KPK

Posted: 28 Jul 2019 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menegaskan, pembentukan Panitia Seleksi Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) transparan dan terbuka. Dia mengklaim istana menjaga netralitas pansel.

''Iya, dari awal kami membentuk. Kami jaga kemandirian pansel. Kami aja dari dulu, nggak berani,'' kata Pratikno di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).

Dia mengatakan tidak berani berbincang dengan anggota. Agar menjaga netralitas serta profesionalitas pansel KPK.

''Rapat pansel KPK dulu di sini, kalau saya satu lift saja nggak berani. Kami jaga betul netralitas dan kami percaya kompetensi dan profesionalitas pansel yang dibentuk Presiden,'' ungkap Pratikno.

Koalisi Masyarakat Sipil mendapatkan informasi 'whistleblower' terkait jalannya seleksi calon pimpinan KPK. Ketua YLBHI Asfinawati menyebut ada orang yang seharusnya tidak lolos, malah diloloskan.

Asfinawati menyembunyikan identitas sumber tersebut. Dia menyebut ada beberapa informasi yang disampaikan kepada dirinya.

Pertama, ada peserta Capim KPK yang mendapat nilai kecil namun malah diloloskan. Bahkan, dari beberapa makalah peserta yang lolos tidak memenuhi syarat minimal jumlah halaman.

"Ada orang peserta nilai kecil tapi diloloskan," ujar Asfinawati saat jumpa pers di kantor YLBHI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (28/7).

Selain itu, ada makalah capim KPK yang diberikan nama. Padahal aturan Pansel makalah tidak boleh dituliskan nama peserta. Hal tersebut demi menjaga kenetralan.

"Ada tulis nama tetap diloloskan," ucap Asfinawati.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Idap Kelainan Tulang Skoliosis, Jessica Mila Merasa Tak Aman

Posted: 28 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Mila mengidap skoliosis, yakni kondisi tulang belakang yang bengkok dengan lengkungan tidak normal. Kali pertama ia menyadari kelainan tulang ini saat SMP, tapi didiamkan karena tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari.

Akibat skoliosis, tulang punggung Jessica Mila membentuk huruf S. Kelengkungannya mencapai 40 derajat. Jika duduk agak lama, Jessica Mila merasa pegal dan kesakitan.

Kali pertama mendengar diagnosis skoliosis dari dokter, Jessica Mila tidak deg-degan dan meyakinkan diri sendiri tubuhnya baik-baik saja.  

Skoliosis membuat Jessica Mila merasa tidak aman. "(Kelainan) tulang belakang juga masih bikin insecure. Ini masalah postur tubuh ya, kadang yang bikin insecure kalau pakai baju tertentu hasilnya enggak bagus," ungkap Jessica Mila kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, baru-baru ini.

 

 

 

Pengobatan Kiropraktik

(Instagram/jscmila)

Beberapa kali orang-orang di sekitar Jessica Mila mengatakan baju yang dikenakannya tampak miring. "Beberapa kali teman bilang, 'Kayaknya baju kamu miring deh, Mil.' (Omongan) itu sudah tidak terlalu saya pikirkan," imbuh bintang film Mata Batin dan Bridezilla

Untuk menangani skoliosis, bintang sinetron Ganteng-ganteng Serigala ini melirik metode pengobatan kiropraktik. Pengobatan ini bertujuan menanggulangi gangguan sistem saraf tulang belakang lewat terapi kejiwaan, manipulasi tulang belakang, sendi, maupun jaringan lunak, dan lain-lain.

 

Naikkan Berat Badan

(Instagram/jscmila)

Prioritas Jessica Mila bukan pemampilan luar melainkan efek samping yang ditimbulkan dari skoliosis. "Saya tidak memikirkan penampilan tapi lebih ke aspek kesehatan karena sering sakit kepala atau kaki kiri lebih pegal karena menyangga beban tubuh lebih berat, atau masalah (kesehatan) lain," urai Jessica Mila. 

Isu insecure atau merasa tidak aman inilah yang diusung Jessica Mila di film terbarunya, Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan. Di film itu, Jessica Mila menggemukkan berat badan hingga 10 kilogram.

Setelah syuting fase pertama, Jessica Mila berencana olahraga dan diet ketat. Ia ingin mengembalikan berat badan secara perlahan. "Mungkin lambung saya sudah membesar. Makan seporsi sering merasa belum kenyang. Makanya porsi makanan harus dikurangi perlahan, makanan bergula dan bergaram harus dipantang dulu," pungkas Jessica Mila. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hukum Tidak Mencium Hajar Aswad Saat Berhaji

Posted: 28 Jul 2019 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hajar Aswad merupakan batuan yang menjadi keinginan semua muslim yang datang ke Tanah Suci untuk menciumnya atau bahkan hanya sekedar mengusapnya.

Hajar aswad berada di sudut Kakbah sebelah tenggara dan diletakkan oleh Nabi Ibrahim di atas fondasi dasar Baitullah yang telah dia tinggalkan bersama putranya, Nabi Ismail. Hajar Aswad memiliki berbagai keistimewaan dan keutamaan.

Namun, hanya beberapa orang saja yang dapat mewujudkan keinginan tersebut karena lupa atau tidak berhasil meraihnya.

Dilansir dari buku 100 Tanya-Jawab Haji & Umrah karya Yusuf Al Qaradhawi, dijelaskan apabila seseorang ke Tanah Suci, namun tidak dapat mencium atau bahkan mengusap Hajar Aswad maka hal tersebut tidak menjadi masalah dan Ibadahnya selama di Tanah Suci itu tetap diterima.

Hal tersebut dikarenakan mencium dan mengusap Hajar Aswad hukumnya sunnah, bukan bagian dari rukun dan wajib haji ataupun umrah.

Yusuf mengatakan, mencium Hajar Aswad dianjurkan bagi orang yang bisa melakukannya dengan mudah tanpa harus menyakiti diri.

"Sungguh, aku tahu, kamu hanya batu. Tidak bisa memberi manfaat atau bahaya apa pun. Andai saja aku ini tak pernah sekalipun melihat Rasulullah shallahu alaihi wa sallam menciummu, aku pun enggan menciummu," (HR Bukhari).

Cara Lain Menciumnya

Presiden Joko Widodo didampingi kedua anaknya, Gibran dan Kaesang mencium hajar aswad di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Senin (15/4). Seperti diketahui, Jokowi yang juga calon pertahana pada Pilpres 2019 ini mengisi masa tenang dengan beribadah umrah. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Dikarenakan pada musim haji seperti sekarang ini, rasanya sulit untuk bisa mencium Hajar Aswad, kecuali dengan susah payah dan perjuangan berat.

Namun, Yusuf menjelaskan cara agar tidak berdesak-desakan adalah dengan mengusap melalui isyarat.

"Alangkah baiknya jika ia mencium Hajar Aswad kalau memang mampu menciumnya, atau menyentuhnya, lalu mencium tangannya, atau sekedar memberi isyarat dari jauh" kata Yusuf dalam bukunya.

Cara tersebutlah yang dapat dilakukan calon haji pada saat ini di Tanah Suci, yang ingin melaksanakan sunnah Rasulullah SAW tersebut.

 

Reporter: Nabila Bilqis

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun Pusat Olahraga untuk PON 2020, Freepoort Kucurkan Rp 462 Miliar

Posted: 28 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Freeport Indonesia menghabiskan USD 33 juta dolar AS atau sekitar Rp 462 miliar (kurs Rp 14.000 per dolar AS) untuk membangun pusat olahraga Mimika Sports Complex di Kabupaten Mimika, Papua. Pusat olahgara tersebut akan digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Di pusat olahraga itu, terdapat stadion atletik dengan karpet lari yang diimpor dari Jerman, dan rumput lapangan yang diimpor dari Swiss.

"Stadion atletik ini sudah standar internasional kelas II. Jadi jika pada PON nanti ada rekor internasional atletik yang terpecahkan maka bisa tercatat resmi, " kata Manajer Urusan Eksternal (External Affairs Manager) Mimika Sports Complex (MSC), Malik A Lukito di Mimika, seperti dikutip dari Antara, Senin (29/7/2019).

Pembangunan MSC menggunakan anggaran tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Freeport. Pemasangan tiang pancang perdana (groundbreaking) area seluas 12,5 hektare itu dimulai pada September 2013 dan pembangunan selesai pada 2016.

Dalam pusat olah raga itu, terdapat stadion atletik termasuk lintasan lari, gedung olah raga bola basket dalam ruangan dengan kapasitas 5.500 penonton yang di dalamnya terdapat juga area voli, bulu tangkis dan cabang olah raga lainnya di ruangan tertutup.

"Sedangkan untuk fasilitas prasarana terdapat asrama putra dan putri dengan kapasitas masing-masing 50 orang lengkap dengan fasilitas wi-fi dan AC. Kemudian gedung penunjang untuk kegiatan atlet, dan ampiteater," ujar dia.

Untuk area olahraga lainnya dalam PON 2020 yang belum terdapat di MSC, maka akan digelar di area olahraga lainnya di Mimika dan di Stadion Utama Papua Bangkit di Jayapura.

Perdana, Menteri Rini Kunjungi Tambang Emas Freeport

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengunjungi tambang emas Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia di Timika, Papua Barat. (Dok. Kementerian BUMN)

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengunjungi tambang emas dan tembaga Garsberg yang dikelola PT Freeport Indonesia (PT FI) di Kabupaten Mimika, Papua, pada Sabtu ini.

Rini mengaku baru pertama kali mengunjungi situs tambang emas dan tembaga, yang saat ini, mayoritas kepemilikannya atau sebesar 51 persen saham telah secara resmi dikuasai pemerintah Indonesia.

Dengan menggunakan alat pengamanan lapangan berstandar, Rini menumpang bis dan gondola untuk menuju tambang terbuka Garsberg yang berada di ketinggian sekitar 4285 meter di atas permukaan laut. 

Kemudian, Rini melanjutkan dengan mengunjungi tambang bawah tanah (underground) Garsberg yang berkedalaman sekitar 1.700 meter di bawah permukaan tanah.

"Ini adalah kali pertama saya ke sini setelah pemerintah memiliki mayoritas 51 persen saham Freeport. Saya harap ini dapat menjadi aset bangsa dan negara yang bisa kita banggakan dan bisa menjadi tempat belajar," kata Rini dikutip dari Antara, Sabtu (27/7/2019).

Dalam kunjungan ke Freeport ini, Rini didampingi Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Tri Hargo, Deputi Bidang usaha Pertambangan Industri Startegis dan Media Kementeria BUMN Fajar Harry Sampurno, Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin, Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, dan Wakil Direktur Utama bank-bank Badan Usaha Milik Negara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sampah dan Busa Kembali Penuhi Kali Pisang Batu

Posted: 28 Jul 2019 10:15 PM PDT

Kondisi Kali Pisang Batu yang dipenuhi sampah dan busa di Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga hampir sebulan terakhir. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi Kali Pisang Batu yang dipenuhi sampah dan busa di Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga hampir sebulan terakhir. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja beraktivitas di pinggir Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga setelah sempat dikeruk pada Januari lalu. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja beraktivitas di pinggir Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga setelah sempat dikeruk pada Januari lalu. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi rumah warga di bantaran Kali Pisang Batu dipenuhi sampah di Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga hampir sebulan terakhir. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi rumah warga di bantaran Kali Pisang Batu dipenuhi sampah di Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga hampir sebulan terakhir. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi rumah warga di bantaran Kali Pisang Batu dipenuhi sampah di Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga setelah sempat dikeruk pada Januari lalu. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi rumah warga di bantaran Kali Pisang Batu dipenuhi sampah di Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga setelah sempat dikeruk pada Januari lalu. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Seekor burung hinggap di atas tumpukkan sampah yang memenuhi Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga hampir sebulan terakhir. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Seekor burung hinggap di atas tumpukkan sampah yang memenuhi Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga hampir sebulan terakhir. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Busa terlihat di aliran Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga setelah sempat dikeruk pada Januari lalu. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Busa terlihat di aliran Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga setelah sempat dikeruk pada Januari lalu. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kendaraan melintas di atas Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga hampir sebulan terakhir. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kendaraan melintas di atas Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Kali Pisang Batu kembali dipenuhi limbah pabrik dan sampah rumah tangga hampir sebulan terakhir. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obat Penyakit Ginjal yang Ampuh dan Cara Mencegahnya

Posted: 28 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit ginjal tidak dapat disembuhkan. Namun tak banyak orang melakukan berbagai cara untuk mencari obat penyakit ginjal untuk meringakan kondisinya. Salah satu penangan yang biasa dilakukan pada penderita penyakit ginjal adalah melakukan perawatan yang difokuskan untuk meredakan gejala, mencegah kemungkinan komplikasi, serta menghambat perkembangan penyakit gagal ginjal kronis menjadi lebih parah.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengalami penyakit ginjal. Risiko terjadinya penyakit ginjal meningkat pada seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, merokok, riwayat keluarga, serta seseorang yang berusia di atas 50 tahun.

Untuk penanganannya bergantung dari derajat keparahan serta penyebab dari penyakit ginjal yang terjadi. Ya, ini berguna untuk melakukan pemberian obat penyakit ginjal pada penderitanya secara tepat. Apabila kondisi penyakit ginjal sudah sangat menurun, maka dibutuhkan transplatansi ginjal atau cuci darah.

Namun, apabila kondisi masih pada ditahap awal, maka obat penyakit ginjal yang diberikan hanya berupa penanganan yang ditujukan untuk memperlambat progresivitas penyakit ginjal dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Nah, untuk lebih jauh membahas seputar penyakit ginjal yang sulit disembuhkan ini, Liputan6.com, Senin (29/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber membahas seputar penyakit ginjal seperti obat penyakit ginjal, makanan yang perlu dihindari, dan cara mencegah penyakit ginjal. 

Tahap Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit Ginjal - KlikDokter.com (Africa Studio/Shutterstock)

Secara umum, penyakit ginjal dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronis.

Penyakit ginjal akut adalah kondisi terjadinya kerusakan secara tiba-tiba pada ginjal. Pada sebagian orang, kondisi ini dapat terjadi sementara. Pada sebagian lainnya, kondisi ini dapat menetap dan berubah menjadi penyakit ginjal jangka panjang.

Hal yang lebih sering terjadi adalah kerusakan ginjal yang memburuk seiring dengan berjalannya waktu, yang disebut sebagai penyakit ginjal kronik. Terkadang, kondisi ini dapat berkembang menjadi penyakit ginjal tahap akhir. Pada kondisi ini tubuh membutuhkan cuci darah atau transplantasi ginjal untuk menjaga kelangsungan hidup.

Penyakit Gagal Ginjal Akut (GGA)

Kondisi ini terjadi saat ginjal kamu tiba-tiba mengalami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyakit Gagal Ginjal Kronis (GGK)

Kondisi ini terjadi di mana fungsi ginjal mulai menurun secara progresif dalam beberapa bulan, atau beberapa tahun yang sering hilang dan timbul. Umumnya, gagal ginjal kronis timbul akibat dari kerusakan ginjal yang sudah parah dan bersifat permanen (irreversible).

Pengobatan untuk Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal

Untuk penanganan penyakit ginjal bergantung dari derajat keparahan serta penyebab dari penyakit ginjal terjadi. Pada tahap awal penyakit ginjal,, penangan ditujukan untuk memperlambat progresivitas penyakit ginjal dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Di sini dokter akan meresepkan beberapa pengobatan untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Penyakit ginjal sendiri tidak dapat disembuhkan. Perawatan difokuskan untuk meredakan gejala, mencegah kemungkinan komplikasi, serta menghambat perkembangan penyakit gagal ginjal kronis menjadi lebih parah.

Biasanya, langkah penanganan yang bisa dilakukan dokter adalah dengan pemberian obat. Tujuan pemberian obat penyakit ginjal seperti ini adalah untuk mengendalikan penyakit yang menyertai kondisi ginjal, sehingga penurunan fungsi ginjal tidak bertambah buruk.

Obat penyakit ginjal yang diberikan antara lain seperti:

Pemberian Obat-obatan

Obat penyakit ginjal yang biasa diberikan oleh dokter adalah obat hipertensi. Obat ini diberikan karena tekanan darah tinggi dapat menurunkan fungsi ginjal dan mengubah komposisi elektrolit dalam tubuh.

Buat kamu yang menderita gagal gunjal kronis yang juga disertai dengan hipertensi, dokter biasanya memberikan obat ACE inhibitor atau ARB.

Terapi Batu Ginjal

Obat penyakit ginjal selanjutnya adalah dengan melakukan terapi. Teruntuk kondisi batu ginjal yang kecil dan gejala yang ringan tidak perlu dilakukan tindakan khusus untuk mengatasinya. Penderita penyakit ginjal akan dianjurkan untuk minum dua sampai tiga liter per hari untuk membilas saluran kemih.

Selain itu, diberikan juga obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen, juga diberikan obat untuk melemaskan otot saluran kemih sehingga batu dapat keluar dengan cepat tanpa nyeri.

Pengobatan untuk Penyakit Ginjal

Diet

Obat penyakit ginjal lainnya adalah dengan melakukan diet. Ginjal memiliki fungi untuk menyaring zat limbah tubuh, beberapa mineral dan cairan. Nah, kalau terdapat penurunan pada fungsi ginjal, maka akan sulit bagi ginjal untuk membuang zat-zat limbah tersebut. Oleh karena itu, pola diet yang sebaiknya dijalani oleh penderita penurunan fungsi ginjal adalah diet rendah protein dan beberapa mineral seperti natrium, kalium, serta fosfat.

Selain itu, penting juga untuk membatasi asupan cairan sehingga cairan tidak menumpuk dalam tubuh.

Perubahan Pola Hidup Sehat

Disamping pemberian obat penyakit ginjal, penderita ginjal kronis juga disarankan untuk melakukan perubahan pola hidup seperti menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang dengan mengurangi garam serta membatasi asupan protein dan kalium dari makanan untuk meringankan kerja ginjal.

Makanan dengan kadar kalium tinggi seperti pisang, jeruk, kentang, bayam, dan tomat. Sedangkan makanan dengan kadar kalium rendah seperti apel, kol, wortel, buncis, anggur, dan stroberi. Selain itu, batasi juga konsumsi minuman beralkohol.

Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Penyakit Ginjal

Makanan yang Dihindari bagi Penderita Penyakit Ginjal  (ADS Portrait/shutterstock)

Alpukat dan Pisang

Alpukat dan pisang merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Namun tidak untuk penderita penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan alpukat yabg kaya akan potasium.

Hitungannya, 150 gram alpukat mengandung 727 mg potasium, hampir dua kali lipat lebih besar dari pisang berukuran medium, yaitu 422 mg. Sebagai alternatif, Anda bisa konsumsi buah nanas.

Jeruk

Begitu juga dengan buah jeruk. Jeruk juga tinggi akan potasium. Satu jeruk berukuran besar (184 gram) mengandung 333 mg potasium. Lebih dari itu, terdapat 473 mg potasium dalam 1 cangkir (236 ml) jus jeruk. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengonsumsi anggur, apel, atau cranberry.

Kentang dan Ubi

Kandungan potasium lainnya juga terdapat di dalam kentang dan ubi. Namun, untuk mengurangi kadar potasium pada kentang dan ubi kamu bisa merendam atau mencucinya sehingga bisa tetap mengonsumsi kentang dan ubi.

Kamu bisa memotong kecil dan tipis kentang atau ubi, lalu rebus selama kurang lebih 10 menit. Proses ini bisa mengurangi kandungan potasiumnya hingga setengahnya. Selain itu, kentang yang direndam di dalam air selama 4 jam sebelum dimasak juga terbukti memiliki potasium yang lebih rendah daripada kentang yang tidak direndam terlebih dahulu.

Makanan Kemasan dan Setengah Matang

Berbagai macam makanan kemasan, makanan instan, dan makanan setengah matang diketahui memiliki kandungan sodium yang tinggi. Misalnya saja pada pizza beku, dimana makanan ini harus dipanaskan terlebih dahulu atau mi instan.

Perlu diketahui bahwa, makanan yang mengandung tinggi sodium bisa meningkatkan tekanan darah dan penyakit ginjal. Nah, buat kamu yang menderita penyakit ginjal, perlu untuk mengurangi dan membatasi konsumsi makanan yang mengandung potasium, fosfor, dan sodium.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal

Untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

- Menjaga agar tekanan darah tetap terkontrol pada individu dengan hipertensi.

- Menjaga agar gula darah tetap terkontrol pada individu dengan diabetes.

- Menghindari dehidrasi.

- Menghindari penggunaan pengobatan yang dapat merusak ginjal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Skutik Listrik Penantang ECGO 2

Posted: 28 Jul 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Green City Traffic (GCT) turut meramaikan GIIAS 2019 dengan menampilkan skutik listrik ECGO 2. Banderol skutik listrik mungil ini tergolong murah, cuma Rp 6,9 juta namun dengan status off the road.

Kehadirannya pun semakin meramaikan segmen motor listrik di Tanah Air. Siapa saja pesaing kendaraan roda dua mungil yang cocok untuk penggunaan urban itu.

1. Viar Q1

Viar Q1 sudah hadir di Indonesia cukup lama. Bahkan di ajang GIIAS 2019, skutik elektrik ini diperbarui. Desainnya kini lebih gagah, dengan garis bodi yang tetap membulat. Sepintas gayanya seperti menyerupai skuter dari Eropa. Berbagai fitur diterapkan ke dalamnya, untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan.

Lampu LED dipercaya untuk menerangi jalan dan peringatan berhenti. Panel instrumennya berupa digital, sehingga pengendara bisa mengetahui informasi lengkap terkait kendaraan.

Teknologi Smarty Key On turut dipasangkan, yang berfungsi mengaktifkan kendaraan melalui remote control. Artinya, Q1 teranyar tak memerlukan anak kunci konvensional untuk mengakses motor.

Saat kondisi darurat seperti tuas akselerasi tidak bekerja, Viar mengantisipasinya dengan menyisipkan Emergency Throttle Posistion. Pengendara cukup menekan tombol bertanda kunci pas sebagai pengganti tuas throttle.

Lalu ada pula tombol P sebagai pengaman saat motor parkir. Ia sangat bermanfaat bagi pengguna pemula, lantaran mencegah akselerasi yang tak disengaja.

Urusan jantung pacu, Q1 masih mengizinkan pengendara melaju hingga kecepatan puncak 60 km per jam. Jarak yang bisa ditempuh kini lebih jauh, bisa mencapai 120 km (posisi baterai penuh hingga habis), berkat penggunaan dua baterai yang tersimpan di bawah jok.

Untuk pengisian daya, Q1 membutuhkan 4 sampai 5 jam. Pengendaliannya cukup baik, melihat ukurannya yang tak besar, ditambah perangkat cakram yang diaplikasikan di roda depan. Seluruh teknologi di atas dibanderol Rp 18,950 juta (OTR Jakarta).

 

2. Gesits

Bagaimana Gesits Mengolah Limbah Baterai Bekasnya? (Arief A / Liputan6.com)

Gesits hadir dengan berdesain kekinian. Dengan banderol 27,994 juta (OTR Jakarta), konsumen sudah bisa mendapatkan tunggangan yang wujudnya menyerupai matic Jepang. Walau begitu, ia kental dengan aura elegan, ditambah permainan tata lampu yang menghiasi mukanya. Teknologi LED sudah digunakan pada sektor penerangan. Fitur untuk mendukung pengendaraannya seperti rem cakram depan-belakang,

Tak berbeda dengan Q1, Gesits didukung dua baterai. Namun, jangkauan jelajahnya lebih pendek. Ketika membeli unit dengan satu baterai, ia hanya bisa menjangkau 50 km. Penambahan baterai yang bersifat opsional pun cuma memaksimalkan jarak menjadi 100 km. Meski begitu, urusan tenaga Gesits lebih unggul, ia bisa mencapai kecepatan puncak 75 km per jam.

Transfer tenaga dari motor listrik ke rodanya memakai belt. Uniknya Gesits dilengkapi mode berkendara yang meningkatkan fleksibilitas pengendara. Ada tiga tingkatan : ECO yang menahan laju puncak 25 km per jam, Urban dibatas 50 km per jam dan Sport pada 75 km per jam. Untuk charging baterai, Gesits membutuhkan 3-4 jam.

 

3. Honda PCX Electric

Honda PCX listrik diperkenalkan di IMOS 2018. (Arief/Liputan6.com)

Produsen besar tanah air ini juga tak ingin kalah bersaing di segmen kendaraan berbasis listrik. Honda PCX Electric jadi motor listrik andalannya. Tampilannya tidak berbeda dengan PCX bermesin konvensional tetap terlihat besar, hanya minus knalpot di sisi kanan. Fiturnya mumpuni, ada Smart Key System yang mengeliminasi anak kunci konvensional. Ini dipadukan Answer Back System untuk memudahkan pengguna mencari kendaraan di parkiran. Pengeremannya sudah cakram depan-belakang, tapi diperkuat Anti-lock Braking System (ABS) untuk memastikan keamanan.

Dapur pacunya turut didukung dua sumber daya, tapi jangkauan jelajahnya minim hanya 69 km dengan kecepatan konstan 40 km per jam. Tenaga yang dihasilkan dari motor listrik, juga lebih rendah dari Gesits. Kendati demikian, torsinya besar, memastikan produksi akselerasi instan. Guna memudahkan penggunanya, Honda menyediakan dua metoda pengisian bayerai.

Pertama, motor dicolok langsung dengan kabel ke sumber daya. Ini membutuhkan waktu hingga 6 jam. Cara kedua mencabut baterai kemudian dipasangkan ke charging eksternal khusus dari Honda yang menghemat waktu menjadi 4 jam. Tertarik membelinya? Sayangnya PT Astra Honda Motor tak menjualnya, ia hanya disewakan ke perusahaan-perusahaan sebagai kendaraan operasional.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesona Dian Sastrowardoyo Kenakan Baju Tradisional Jepang dan Korea

Posted: 28 Jul 2019 10:05 PM PDT

Dian Sastrowardoyo tampil cantik dan anggun saat mengenakan kimono bermotif floral yang feminin. Tak perlu tampil dengan makeup berlebihan, kecantikan Dian Sastro terlihat saat dirinya memilih makeup yang simpel saat mengenakan kimono. (Liputan6.com/IG/@therealdisastr)

Dian Sastrowardoyo tampil cantik dan anggun saat mengenakan kimono bermotif floral yang feminin. Tak perlu tampil dengan makeup berlebihan, kecantikan Dian Sastro terlihat saat dirinya memilih makeup yang simpel saat mengenakan kimono. (Liputan6.com/IG/@therealdisastr)

Setelah kimono, Dian Sastrowardoyo terlihat semakin memesona dalam balutan busana tradisional Korea, atau yang dikenal dengan nama Hanbok. Dian tampil menawan dengan Hanbok bernuansa warna pastel yang manis banget. (Liputan6.com/IG/@therealdisastr)

Setelah kimono, Dian Sastrowardoyo terlihat semakin memesona dalam balutan busana tradisional Korea, atau yang dikenal dengan nama Hanbok. Dian tampil menawan dengan Hanbok bernuansa warna pastel yang manis banget. (Liputan6.com/IG/@therealdisastr)

Pulasan lipstik berwarna merah membuat kesan yang fresh terlihat pada penampilan Dian Sastro saat menggunakan Hanbok. Kenakan Hanbok Korea, Dian tampil dengan rambut long bobnya yang ditata natural dengan kesan messy. (Liputan6.com/IG/@therealdisastr)

Pulasan lipstik berwarna merah membuat kesan yang fresh terlihat pada penampilan Dian Sastro saat menggunakan Hanbok. Kenakan Hanbok Korea, Dian tampil dengan rambut long bobnya yang ditata natural dengan kesan messy. (Liputan6.com/IG/@therealdisastr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bos Softbank Sowan ke Jokowi

Posted: 28 Jul 2019 10:03 PM PDT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima CEO Grab Anthony Tan, Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima CEO Grab Anthony Tan, Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). Masayashi Son datang bersama bos perusahaan dimana Softbank telah menanamkan modalnya, yakni Grab dan Tokopedia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). Masayashi Son datang bersama bos perusahaan dimana Softbank telah menanamkan modalnya, yakni Grab dan Tokopedia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son (ketiga kiri) bersama CEO Grab Anthony Tan, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son (ketiga kiri) bersama CEO Grab Anthony Tan, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menko bidang Maritim Luhut Panjaitan bersama Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son (tengah), CEO Grab Anthony Tan dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kanan) memberikan keterangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menko bidang Maritim Luhut Panjaitan bersama Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son (tengah), CEO Grab Anthony Tan dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kanan) memberikan keterangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

CEO Grab Anthony Tan dan Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son meninggalkan Istana Merdeka usai bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin (29/7/2019). Pertemuan membahas investasi untuk membangun ekosistem transportasi daring berbasis kendaraan bertenaga listrik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

CEO Grab Anthony Tan dan Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son meninggalkan Istana Merdeka usai bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin (29/7/2019). Pertemuan membahas investasi untuk membangun ekosistem transportasi daring berbasis kendaraan bertenaga listrik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menko bidang Maritim Luhut Panjaitan berbincang dengan Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son (kedua kanan), CEO Grab Anthony Tan dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kanan) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menko bidang Maritim Luhut Panjaitan berbincang dengan Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son (kedua kanan), CEO Grab Anthony Tan dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kanan) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramla Ali, Wajah Perempuan Muslim di Sampul Majalah Suntingan Meghan Markle

Posted: 28 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle punya cara tersendiri meneruskan tongkat estafet dalam menyuarakan keberagaman dan woman empowerment. Belakangan, Duchess of Sussex diketahui memegang peran sebagai penyunting tamu di isu September majalah British Vogue.

Pada kesempatan tersebut, Meghan memilih menampilkan 15 figur perempuan yang menggagas perubahan, mulai dari kesehatan mental, politik, sampai olahraga di bagian sampul. Dari sebegitu banyak, Ramla Ali salah satunya.

Perjalanan panjang sudah dilewati sang petinju perempuan sampai wajahnya dipampangkan Meghan di sampul majalah. Melansir dari Buzzfeed, Senin (29/7/2019), Ramla dan keluarganya meninggalkan Somalia setelah kakak Ramla meninggal ketika bermain di luar rumah di masa perang 90-an.

Seperti pengungsi kebanyakan di tahun itu, Ramla tak tahu pasti tanggal lahirnya. Setelah menetap di timur London, Inggris, Ramla Ali perlahan mulai jatuh hati dengan dunia tinju. Ia menggeluti olahraga tersebut setelah mengalami perundungan karena berat badan dinilai berlebih.

Ramla yang beberapa tahun lalu mendapat gelar sarjana hukum ini awalnya berlatih tinju secara diam-diam lantaran keluarga tak mendukung niatnya. Pada 2016, Ramla jadi petinju muslim perempuan pertama yang memenangi kejuaraan di Inggris.

Prestasi itu direngkuh tanpa kehadiran anggota keluarga. Kala itu, Ramla masih menggeluti tinju secara sembunyi-sembunyi. Dukungan dari paman dan komunitas sekitar membuat hati keluarga Ramla perlahan melunak.

Petinju yang sekarang merepresentasi Somalia itu mengatakan, olahraga ini sangat penting baginya. "Jika saya tak terjun ke dunia ini (tinju), saya pasti sudah kehilangan arah," kata Ramla. Baginya, tinju tak semata tentang kesiapan fisik, tapi juga mental.

"Bagaimanapun standar yang ditentukan, tinju bagi saya selalu tentang perasaan dan intuisi. Bila Anda senang mengikuti kelas-kelas tinju di gym komersial, itu pun sebenarnya sama sekali tidak masalah," tambah Ramla Ali

Para Figur Perempuan Pilihan Meghan Markle

Meghan Markle kini miliki masalah dalam menaruh kepercayaan pada orang-orang terdekatnya. (DOMINIC LIPINSKI / POOL / AFP)

Di samping Ramla Ali, sampul majalah yang materinya sudah dipilih Meghan Markle secara teliti selama tujuh bulan terakhir ini memuat sederet figur perempuan menginspirasi, termasuk Adwoa Aboah.

Mengutip dari Telegraph, model yang seringkali fokus pada kampanye terkait kesehatan mental ini sempat muncul bersama Meghan pada momen International Women's Day, Maret lalu. Lalu, ada juga Jameela Jamil, aktris yang aktif dalam mengampanyekan body positivity.

Ada pula Jacinda Ardern, Perdana Menteri Selandia Baru yang sempat menerima kedatangan Meghan bersama Pangeran Harry pada Oktober 2018. Kemudian, Sinead Burke, aktivis asal Irlandia yang sempat beremu Meghan di sebuah pesta kebun di Dublin, Juli 2019.

Selanjutnya, Chimamanda Ngozi Adichie. Novelis yang jadi pembawa acara yang dihadiri Meghan, dengan bintang tamu mantan ibu negara, Michelle Obama, pada Desember 2018. Juga, Adut Akech, model asal Sudan yang merupakan mantan pengungsi.

Gemma Chan, penggerak kampanye Kent-born sekaligus aktris, Laverne Cox bintang series Orange is the New Black, Jane Fonda yang merupakan aktris sekaligus aktivis politik, serta aktris yang aktif membela hak-hak perempuan, Salma Hayek Pinault.

Terlihat pula sosok balerina asal Kenya Francesca Hayward, penggerak kampanye perubahan iklim Greta Thunberg, model yang acap kali berkampanye menentang kematian karena melahirkan Christy Turlington Burns, dan Yara Shahidi, aktris sekaligus pendiri Eighteen x 18 yang fokus menggaet anak muda untuk aktif dalam berpolitik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasukan Firma Penambang Emas di Brasil Bunuh Seorang Suku Pedalaman

Posted: 28 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Amapa - Pasukan bersenjata yang bekerja untuk sebuah firma penambang emas di Brasil, dilaporkan menyerbu tanah masyarakat pedalaman di utara, menewaskan seorang anggota suku setempat.

Insiden pekan lalu itu dikabarkan terkait usaha firma pertambangan emas yang hendak mengeksploitasi tanah masyarakat adat setempat untuk kepentingan tambang, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (29/7/2019).

Penduduk desa, yang berlokasi di negara bagian Amapá, ketakutan dan telah melarikan diri.

Namun, ada kekhawatiran akan terjadi bentrokan kekerasan jika mereka mencoba untuk merebut kembali tanah yang kaya emas itu.

Polisi telah tiba di daerah tersebut.

Ketegangan di wilayah Amazon meningkat ketika Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro berjanji untuk membuka beberapa wilayah masyarakat adat di Brasil yang tertutup (dan dilindungi konstitusi) untuk kepentingan tambang. Wilayah itu, kata Bolsonaro, merupakan "tanah kaya mineral."

Sang presiden juga membuka kemungkinan untuk "bekerjasama dengan negara lain", termasuk Amerika Serikat, terkait rencana proyek tersebut.

Bolsonaro mengatakan, wilayah adat terlalu besar mengingat jumlah orang yang tinggal di sana, dan kritikus menuduhnya mendorong penambangan ilegal dan invasi untuk menjaring sumber daya alam.

Pembunuhan masyarakat adat oleh warga lokal adalah hal yang jarang terjadi di Brasil, rumah bagi kelompok suku Amazon yang ternama.

Sementara aktivis mengatakan, pelonggaran perlindungan terhadap masyarakat adat dapat menyebabkan deforestasi hutan hujan Amazon yang lebih besar dan mengancam keberadaan suku-suku yang bernaung di bawahnya.

Apa yang Terjadi di Amapá?

Pandangan udara kawasan Hutan Amazon yang terdeforestasi (penurunan luas area hutan secara kualitas dan kuantitas) di wilayah Sungai Madre de Dios, Peru, Jumat (17/5/2019). Pemerintah Peru meluncurkan Operasi Merkuri untuk mengusir penambang ilegal yang merusak Hutan Amazon. (CRIS BOURONCLE/AFP)

Kelompok bersenjata berat berjumlah 10 - 15 orang menyerbu desa Yvytotõ dari komunitas Wajãpi. Konflik memicu "ketegangan sangat tinggi", menurut lembaga hak adat Brasil, Funai.

Para penduduk melarikan diri ke desa Mariry, sekitar 40 menit perjalanan dengan berjalan kaki, dan telah diperingatkan untuk tidak mencoba melakukan kontak dengan pasukan bersenjata.

Funai, yang menerima laporan dari Wajãpi, mengatakan bahwa para penambang telah membunuh Emyra Wajãpi yang berusia 68 tahun. Pada tubuhnya, ditemukan bekas tikaman di sungai Mairy yang dekat dengan permukiman mereka pada Rabu 21 Juli 2019.

Dikatakan bahwa tim penanggap sulit untuk segera mencapai lokasi perkara.

Insiden itu tampaknya mengonfirmasi ketakutan terburuk bagi nasib wilayah adat Brasil yang dilindungi, menurut BBC di Rio.

Polisi federal dan pasukan elite baru tiba di daerah itu pada Minggu 28 Juli 2019, dan polisi federal dan kantor kejaksaan mengatakan mereka akan menyelidiki peristiwa tersebut, kata seorang pemimpin setempat pada Sabtu 27 Juli 2019.

"Ini adalah invasi kekerasan pertama dalam 30 tahun sejak demarkasi sumber daya masyarakat adat di Amapá," kata Senator Rodolfe Rodrigues kepada surat kabar lokal Diário do Amapá.

Simak video pilihan berikut:

[vidio:WOW: Ternyata Debu Gurun Sahara Menyuburkan Hutan Amazon]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Atraksi Budaya dan Seni di Pameran Pariwisata Labuan Bajo

Posted: 28 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 9 Kabupaten yang akan ambil bagian dalam Pameran Pariwisata. Kesembilan daerah tersebut adalah Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.

Melalui event ini akan dilangsungkan 29 Juli-2 Agustus di Lapangan Kampung Ujung Labuan Bajo. Pesertanya adalah 9 kabupaten yang berada di Flores dan Lembata.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani, Pameran Pariwisata di Labuan Bajo akan menampilkan kekayaan daerah-daerah tersebut. Termasuk juga kekayaan seni dan budaya.

"NTT sangat kaya. Memiliki banyak seni dan budaya. Dalam Pameran Pariwisata di Labuan Bajo, kita akan mengangkat kekayaan dari 9 kabupaten yang berada di sekitar Flores dan Lembata. Kita akan lihat betapa eksotisnya seni dan budaya mereka," papar Ricky, Minggu (28/7).

Selain dari daerah, kegiatan ini juga diikuti industri pariwisata. Yaitu Divers Paradise Komodo uanh bergerak dibidang Diving, dari hotel ada Inaya Ray, ada juga Cajoma Indonesia yang bergerak disektor kapal wisata, iDive Komodo untuk diving, dua TA/TO yaitu NTT DMC dan Flores Today, serta DOCK yang melayani wisatawan untuk melakukan diving.

"Jadi pameran Ini sangat lengkap. Selain bisa menikmati atraksi seni dan budaya, wisatawan yang tertarik memgeksplorasi alam Labuan Bajo bisa mendatangi booth industri pariwisata. Dan mendapatkan penawaran langsung dari mereka," papar Ricky.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, berharap event ini bisa mengangkat jumlah kunjungan ke kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat.

"Labuan Bajo adalah destinasi super prioritas. Destinasi yang pertumbuhannya mendapatkan perhatian pemerintah. Oleh karena itu, kita men-support dengan menggelar sejumlah kegiatan di Labuan Bajo. Termasuk lewat Pameran Pariwisata ini," katanya.

Labuan Bajo sendiri sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini terbukti dengan jumlah kunjungan wisatawan. Berdasarkan data BPS NTT, wisatawan mancanegara yang masuk Manggarai Barat tahun 2018 mencapai 91.330 orang. Lebih banyak dibanding wisatawan nusantara dengan angka 71.132 kunjungan.

Juga jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2017, sebanyak 57.536 orang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan dukungannya untuk Pameran Pariwisata di Labuan Bajo. Ia berharap event ini akan memberikan impact positif.

"Sebagai destinasi super prioritas, kita ingin pariwisata Labuan Bajo terus tumbuh. Apalagi Presiden Joko Widodo juga memberikan perhatian khusus untuk Labuan Bajo. Perhatian itu diperlihatkan dalam kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu," kata Menteri lulusan Telematika di University of Surrey Inggris itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Perangkat Pertama Besutan Huawei yang Pakai OS HongMeng

Posted: 28 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang merilis laporan paruh pertama di tahun ini, Huawei akhirnya mengungkap perangkat pertama yang bakal menggunakan OS HongMeng.

Alih-alih menjadi pengganti OS Android seperti yang diasumsikan sebelumnya, Huawei bakal menyematkan HongMeng ke perangkat TV dengan layar pintar.

Dalam sebuah acara peluncuran smartphone 5G pertama di Tiongkok, Richard Yu, CEO Huawei mengatakan, TV baru yang secara resmi disebut "smart screen" ini bakal menjadi pusat hiburan dan komunikasi di ruang tamu pengguna.

"Meluncur di pasaran bulan depan, TV layar pintar ini bakal menjadi perangkat pertama besutan perusahaan yang beroperasi menggunakan OS HongMeng," ucap Yu.

Raksasa elektronik asal Tiongkok itu belum mengungkap terlalu banyak tentang OS besutannya hingga saat ini.

Huawei sempat mengatakan, perusahaan mengembangkan OS pengganti Android itu sejak lama.

HongMeng Bukan Pengganti Android

Honor 20 Pro usung kamera yang serupa dengan Huawei P20 Pro. (Doc: CNMO)

Huawei akhirnya memberikan penjelasan tentang OS HongMeng, yang selama ini disebut sebagai pengganti Android. Alih-alih sebagai OS untuk smartphone, HongMeng justru disiapkan untuk perangkat Internet of Things (IoT).

Dilansir Softpedia, Rabu (17/7/2019), Chairman Huawei, Liang Hua, dalam sebuah konfrensi pers pada pekan lalu mengatakan, perusahaannya belum memutuskan apakah pengganti Android harus disiapkan atau tidak. Sementara HongMeng ternyata saat ini disiapkan sebagai platform IoT.

"OS HongMeng dikembangkan untuk perangkat IoT, yang akan mengurangi latensi. Mengenai smartphone, kami masih menggunakan OS dan ekosistem Android sebagai pilihan pertama. Kami belum memutuskan apakah HongMeng dapat dikembangkan sebagai OS smartphone di masa depan," ungkap Hua.

Pernyataan Hua ini berbanding terbalik dengan sikap Huawei beberapa waktu lalu. Ketika laporan tentang HongMeng bermunculan sebagai pengganti Android, Huawei tak pernah membantah hal tersebut.

Pihak Huawei pun dilaporkan pernah mengatakan HongMeng memiliki kemampuan lebih cepat dibandingkan Android. OS ini pun disebut tidak hanya untuk smartphone, tapi juga perangkat lain seperti router, komputer, tablet, bahkan data center. 

Lisensi Sementara

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Informasi tentang HongMeng muncul pasca pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Mei lalu memasukkan Huawei dalam daftar hitam perdagangan. Kebijakan ini membuat perusahaan tidak bisa menggunakan produk-produk buatan AS, termasuk OS Android.

Tak lama lagi, Huawei kemungkinan akan kembali bisa menggunakan produk-produk baru AS. Pasalnya, Negeri Paman Sam itu dilaporkan akan mulai memberikan lisensi sementara untuk mengizinkan produk-produknya dijual kepada Huawei, dalam waktu beberapa pekan lagi.

Pemberian persetujuan itu merupakan upaya baru Presiden AS, Donald Trump, untuk mengurangi pembatasan terhadap Huawei.

Sebelumnya, Sekretaris Perdagangan AS, Wilbur Ross, mengatakan lisensi tersebut akan dikeluarkan ketika telah dipastikan tidak ada ancaman terhadap keamanan nasional.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edit Video Pura-Pura Liburan ke Hawaii, Pria Ini Dapat Tiket Gratis

Posted: 28 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liburan nampaknya menjadi momen yang tepat untukmenghilangkan penat dari berbagai rutinitas sehari-hari mulai dari dari bekerja, kuliah atau sekolah. Ya, liburan menjadi momen yang sangat menyenangkan yang disukai semua orang.

Sayangnya untuk pergi berlibur butuh anggaran yang tak sedikit. Sebut saja tiket pesawat, tempat menginap dan uang untuk 'jajan' harus kalian persiapkan sebelum pergi berlibur. Oleh karena itu banyak orang mengurungkan niat berlibur karena banyak terkendala dana.

Hal ini juga dialami oleh seorang warganet dengan akun Twitter @annthonyy07. Tak memiliki uang untuk berlibur ke Hawaii, dirinya lantas memutuskan untuk membuat video seolah dirinya sedang berlibur ke sana.

Dalam video berdurasi 52 detik itu dirinya seolah sedang pergi berlibur sungguhan. Video dimulai dari dirinya check-in di bandara, berada di pesawat hingga akhirnya sampai di Hawaii dan menikmati momen di sana.

Jadi Viral

Siapa sangka video yang diunggah Jum'at (19/7) lalu ini rupanya menarik perhatian warganet. Video ini bahkan telah dilihat hampir 8 juta kali dan disukai oleh lebih dari 657 ribu pengguna Twitter.

Diberi tiket liburan gratis

foto: Twitter/@annthonyy07

Di tengah pengguna Twitter lain, nyatanya ada sebuah akun penyedia tiket pesawat yang turut tertarik dengan video editan Anthony. Penyedia tiket pesawat dengan akun Twitter @KAYAK tersebut bahkan menawarkan tiket liburan gratis ke Hawaii untuk Anthony.

"*Mencari penerbangan dari LA ke Hawaii*, seharga 513 dolar AS (7,1 juta rupiah)? Ya, kami bisa membelikannya untukmu," tulisnya.

Akun tersebut juga meminta Anthony untuk mengirimkan DM untuk detail perjalannannya. Tentu saja banyak warganet yang mengaku senang, akhirnya Anthony bisa benar-benar pergi ke Hawaii.

Warganet menunggu video versi asli

foto: Twitter/@annthonyy07

Sekarang banyak warganet yang tak sabar menunggu video Anthony berlibur ke Hawaii sungguhan. 

"Oke sekarang kamu benar-benar harus membuat video liburan mu ke Hawaii yang sungguhan," kata akun @Nerdlighter.

"Ini menakjubkan, akhirnya mimpimu terwujud," komentar akun @OutWithEric.

"Ya Tuhan, saya berharap dia akan membuat video aslinya sekarang," timpal akun @_lprrainemtg.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakak Dukung Rencana Paul Pogba ke Real Madrid

Posted: 28 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Mathias Pogba mendukung rencana Paul Pogba untuk bergabung ke Real Madrid. Bahkan Mathias yakin adiknya bakal menambah kekuatan Real Madrid jika pindah musim panas ini.

Pogba telah lama menjadi incaran Real Madrid. Musim panas ini isu itu kembali muncul setelah Pogba menyebut ingin mencari tantangan baru.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane juga mengagumi kualitas pemain termahal MU itu. Sebaliknya, Pogba juga dalam beberapa kesempatan mengaku ingin ditangani Zidane.

"Saya tidak melihat hasil Atletico melawan Real Madrid. Namun saya yakin jika Pogba pindah ke sana, maka ia akan banyak membantu," kata Mathias seperti dilansir Manchester Evening News.

"Saya selalu mendukung yang terbaik untuknya. Jika memang ia merasa Real Madrid yang terbaik, maka saya senang saja," kata Mathias menambahkan.

 

 

Tak Ada Hubungan

Gelandang MU, Paul Pogba. (AP Photo/Jon Super)

Menariknya, Mathias sendiri juga baru pindah ke Spanyol. Ia bergabung ke klub CD Manchego, yang markasnya tak jauh dari kota Madrid.

"Saya ke Spanyol karena memang ingin pindah ke sini. Jadi tidak ada hubungannya dengan rencana Pogba," kata Mathias.

"Lagipula sampai sekarang kepindahannya juga masih rumor. Jadi saya belum bisa berbicara banyak."

Jadwal

Jadwal pramusim Real Madrid

30 Juli 2019 Real Madrid Vs Tottenham

31 Juli 2019 Real Madrid Vs Bayern Munchen/ Fenerbahce

7 Agustus Red Bull Salzburg Vs Real Madrid

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GP Ansor Elus-Elus Jago untuk Laga Pilkada Jawa Timur 2020

Posted: 28 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor mendorong kader-kader yang berkualitas tinggi untuk maju pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2020.

Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pemetaan telah dilakukan oleh Pimpinan Pusat GP Ansor. Dalam waktu dekat, pemetaan juga akan dilakukan oleh Pimpinan Wilayah, untuk peluang kader Ansor maju pada Pilkada 2020.

"Kalau ada kader Ansor yang mampu dan mendapatkan dukungan, harus didorong. Itu harus satu suara," kata Yaqut, usai menghadiri Konferensi Wilayah Gerakan Pemuda Ansor XIV Provinsi Jawa Timur (Jatim), di Kota Malang, Minggu 29 Juli 2019.

Dia mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi ada beberapa kader GP Ansor yang akan maju pada perhelatan Pilkada 2020. Sebagai catatan, di Jawa Timur akan berlangsung Pilkada di 19 kabupaten kota.

Yaqut menambahkan, kader-kader GP Ansor memang diperbolehkan untuk berpolitik, tapi tidak diperkenankan membawa organisasi GP Ansor dalam praktik politik. Diharapkan, akan muncul kader-kader potensial pada Pilkada 2020.

"Jika ada kader yang berpolitik itu boleh, itu sah, bahkan kita dorong. Akan tetapi, tidak atas nama organisasi," ujar Yaqut.

Pada 2020, sebanyak 19 kabupaten kota di Provinsi Jawa Timur akan menggelar pilkada serentak. Sebanyak 19 kabupaten kota tersebut adalah Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar.

Kemudian, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri.Yaqut menambahkan, saat ini, untuk Pimpinan Wilayah Jawa Timur tengah dilakukan pemilihan. Saat ini, ada tiga kandidat yang bersaing untuk menempati kursi pimpinan GP Ansor wilayah Jawa Timur.

Tiga kandidat tersebut adalah Ahmad Ghufron Siroj, Syafiq Sauqi, dan Moh Abid Umar. Nama-nama kandidat tersebut telah diputuskan maju dalam rapat pleno pemilihan Ketua PW GP Ansor Jawa Timur.

"Tugas pengurus yang baru, harus melihat peluang ini. Mana kader yang layak untuk maju," kata Yaqut.

Politikus Demokrat Mundur dari Pencalonan Ketua GP Ansor Jatim

acara Pra Konferwil GP Ansor Jatim di Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo. (liputan6.com/Musthofa Aldo)

Sebelumnya, setelah nama sempat muncul sebagai salah satu kandidat terkuat calon Ketua PW GP Ansor Jawa Timur, Hasani Zuber, Ketua GP Ansor Kabupaten Bangkalan menarik diri dari gelanggang pencalonan. Sikap itu ia ambil setelah musyawarah bersama keluarga.

Hasani yang sudah dua periode memimpin GP Ansor Bangkalan diminta fokus pada tugas barunya sebagai anggota DPR RI terpilih dari Fraksi Demokrat.

"Setelah menimbang berbagai nasihat itu dan saya pikir sangat baik, maka saya memutuskan menarik diri dari kontestasi," kata pria yang akrab disapa Ra Hasani ini, Rabu, 24 Juli 2019.

Lagi pula, Hasani menilai, melihat perkembangan jelang konferwil, para kandidat calon ketua PW GP Ansor Jatim yang muncul, jauh lebih mumpuni, baik secara kapasitas dan kapabilitas ketimbang dirinya.

 

Tidak Mudah Memimpin GP Ansor Jatim

Ketua GP Ansor Kabupaten Bangkalan, Ra Hasani Zuber

Sejak pendaftaran dibuka pada 23 Juli lalu, muncul dua nama yang digadang-gadang jadi Ketua GP Ansor Jatim, yaitu Muhammad Abid Umar Faruq (Gus Abid) adalah Mantan Ketua PW GP Ansor hasil penunjukkan Pimpinan Pusat GP Ansor.

Juga muncul nama Ketua PC GP Ansor Tuban, Safiq Sauqi (Gus Safiq) dan Ghufron Siradj.

"Mereka sosok muda yang hebat. Siapa pun yang terpilih nantinya, saya yakin akan membawa Ansor Jatim lebih baik lagi," ungkap Hasani.

Ketika ditanya siapa yang akan ia dukung di Konferwil GP Ansor Jatim 28 Juli di Pondok Pesantren Sabilul Rasyad Malang, Hasani Zuber yang merupakan kader Partai Demokrat menjawab diplomatis. Namun, dia berharap di Konferwil para calon lebih mengedepankan nilai berkomposisi daripada berkontestasi.

"Kita lihat saja nanti, yang pasti mereka kader terbaik. saya ingin GP Ansor Jatim ke depan kembali menjadi barometer nasional, baik secara administrasi dan kaderisasi, karena tidak mudah mengurus 42 cabang kabupaten dan kota," dia menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernikahan Sedarah di Luwu, Pasangan Adik-Kakak Sudah Punya 3 Anak

Posted: 28 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Luwu - Warga Desa Tengah, Kecamatan Belopa Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan dihebohkan pernikahan sedarah yang terjadi di wilayah tersebut. Hubungan sedarah itu bahkan telah berlangsung lama hingga pasangan kakak-beradik itu nyaris mempunyai tiga orang anak.

Keduanya ada As (38) dan BI (30). Tidak hanya membuat geger, warga pun dibuat resah karena kasus pernikahan sedarah ini. Alhasil, warga pun melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian.

"Iya, kita terima informasinya dari warga," kata Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Faisal Syam, Sabtu, 27 Juli 2019.

Polisi pun langsung menjemput pelaku pernikahan sedarah, As dan BI, lalu menggelandang keduanya ke Mapolres Luwu untuk dimintai keterangan. Di hadapan polisi keduanya mengaku telah menjalin asmara sejak tiga tahun lalu.

"Dari hasil interogasi sementara keduanya mengakui hubungan terlarang itu telah berlangsung sejak 2016 silam," terang Faisal.

Ironisnya, pasangan sedarah itu kini telah mempunyai dua orang anak yang masih kecil. Bahkan, BI saat ini tengah mengadung anak ketiga dari hubungan badan ia dengan kakak kandung laki-lakinya.

"Mereka mengaku atas dasar cinta dan nafsu. Pasalnya mereka tinggal serumah. Sudah dua anak, satu laki-laki satu perempuan. Sekarang hamil lagi," Faisal mengucapkan.

 

Status Janda dan Bujang

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

 

BI memang saat ini tengah berstatus janda sementara As adalah bujang. Polisi menduga status mereka itu menjadi salah satu penyebab keduanya bisa nekat berzina.

"Masih akan kita interogasi lagi. Masih perlu kita dalami lagi kasus ini," Faisal memungkasi.

Kepala Desa Lamunre Tengah, Hafidah mengaku bahwa dirinya sempat mendatangi As da BI di kediaman keduanya. Hafidah bermaksud untuk memberikan teguran kepada keduanya. Selain itu, meminta keduanya mengakui kesalahan mereka agar warga tidak geger.

"Yang bersangkutan warga kami itu sudah kami sampaikan sebelumnya untuk mengakui hubungannya karena warga geram. Namun, karena keduanya kerap menghindar hingga akhirnya seperti pepatah mengatakan sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Nah, terungkap juga. Beruntung petugas kepolisian cepat bertindak," kata Hafidah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Akhir Bulan, Harga Cabai di Pasar Tradisional Terus Meroket

Posted: 28 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga sayur mayur menuju akhir bulan Juli nampaknya terus mengalami pelonjakan. Harga cabai tetap bertahan di angka Rp 100 ribu per kilogramnya, bahkan cenderung mengalami kenaikan.

Begitu pula untuk sayur mayur lainnya, kenaikan harga masih dirasakan pedagang maupun pembeli. Seperti salah satu pedagang cabai dan sayur mayur di Pasar Kelapa Gading, Jakarta Utara, Titi (30).

"Tidak turun-turun (harga cabai), malah tambah naik saja. Sekarang saya beli cabai rawit merah Rp 95 ribu per kg, saya jual Rp 100 ribu," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Senin (29/7/2019).

Untuk jenis cabai lainnya, seperti harga cabai merah keriting bertahan di angka Rp 75 ribu per kg, cabai merah besar Rp 75 ribu per kg, dan cabai rawit hijau Rp 78 ribu per kg.

Sayur mayur seperti terong naik dari Rp 12 ribu per kg menjadi Rp 14 ribu, begitu pula kentang dan tomat yang jadi Rp 14 ribu per kg.

Pedagang Keluhkan Mengurangnya Pendapatan

Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah kenaikan harga beberapa minggu lalu, para pedagang mengeluhkan berkurangnya pendapatan.

"Pasti lah, orang biasanya beli dua kilo misalnya, sekarang cuma satu kilo atau setengah kilo malah," ungkap Ace (44), salah satu penjual cabai dan sayur mayur di pasar.

"Kalau sudah begitu, saya tawarin saja cabai kering, lumayan kalau untuk bikin sambal masih enak," lanjutnya.

Memang sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menyebutkan inflasi bulan Juli 2019 lebih tinggi karena adanya kenaikan harga cabai rawit yang mencapai 0,12 persen.

Oleh karenanya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengajak seluruh masyarakat untuk mengkonsumsi cabai kering sebagai alternatif.

"Pola konsumsi masyarakat (menyebabkan inflasi), makanya mulai juga biasakan ingin pedas tidak harus fresh, kan sudah mulai banyak cabai kering enak, tetap pedasnya sama. Kita biasakan cabai kering. Geprek pakai cabai kering sama saja," ujarnya.

Kemarau Panjang, Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 110 Ribu per Kg

Pedagang memperlihatkan dagangan cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (8/7/2019). Harga cabai merah besar di pasar tersebut naik mencapai Rp55 ribu per kg, sedangkan cabai rawit menjadi Rp50 ribu per kg dan cabai rawit hijau pada kisaran Rp 60 ribu per kg. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Musim kemarau berkepanjangan rupanya turut mendongkrak harga berbagai macam komoditas sayuran di pasar tradisional. Khususnya untuk cabai, harganya kini melambung sampai di atas Rp 100 ribu per kg.

Seperti yang diungkapkan Nur (59 tahun), seorang pedagang sayuran di Pasar Kwitang Dalam, Jakarta Pusat. Dia menceritakan, harga cabai rawit merah saat ini dijualnya Rp 110 ribu per kg sejak sekitar 4 hari lalu.

"Cabai rawit (merah) sekarang dapatnya dari pemasok Rp 105 ribu (per kg), dijual Rp 110 ribu (per kg). Saya cuman dapat (untung) Rp 5 ribu perak. Udah ada 4 hari harganya segini," terang dia kepada Liputan6.com, Jumat (26/7/2019).

"Biasanya paling mahal Rp 70 ribu (per kg). Tapi pernah Rp 125 ribu harganya, sekitar 5 bulan lalu. Ini semua gara-gara musim kemarau," dia menambahkan.

Sama seperti cabai rawit merah, komoditas cabai lainnya seperti cabai merah keriting dan rawit hijau juga harganya terus melambung sejak beberapa hari terakhir.

"Cabai merah keriting Rp 80 ribu (per kg). Udah sekitar dua minggu, biasanya Rp 60-70 ribu (per kg). Kalau cabai rawit hijau dapatnya (dari pemasok) Rp 80 ribu (per kg), dijual Rp 85 ribu (per kg)," papar Nur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Gloria Soal Polemik Paskibraka Nasional 2019 Putri Bercelana Panjang

Posted: 28 Jul 2019 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Gloria Natapradja Hamel menanggapi kebijakan baru yang mengharuskan Paskibraka Nasional 2019 putri mengenakan celana panjang.

"Jujur, sebenarnya kaget banget karena ini tingkat nasional," kata Gloria saat berbincang dengan Diary Paskibraka Liputan6.com pada Selasa, 29 Juli 2019.

"Banyak provinsi dan kota yang sudah pakai celana (sebenarnya)," katanya menambahkan.

Mengenai seragam yang akan dikenakan Paskibraka Nasional 2019 saat bertugas nanti, menurut Gloria sudah ada Peraturan Menteri (Permen) yang mengaturnya.

"Pada faktanya, Permen Nomor 65 tahun 2015 malah menjelaskan soal sejarah seragam. Tidak spesifik harus pakai rok atau celana atau sarung atau apa pun," katanya.

Contohnya saja seragam yang dikenakan anggota pasukan pengibar bendera pusaka tahun 1965, pakaian dinas umum (PDU) dimasukkan ke celana.

"Lalu yang 1973 sama kayak yang sekarang. Dan sempat banyak juga pergantian lainnya," kata Gloria.

Gloria mengatakan bahwa kebijakan penggunaan celana panjang oleh Paskibraka Nasional 2019 akan memiliki dampak yang cukup besar.

"Menurut saya karena seragam wilayah akan mengacu pada nasional," katanya.

 

Kontra Terhadap Kebijakan Penggunaan Celana Panjang oleh Paskibraka Nasional 2019

Gloria Natapradja Hamel,anggota Paskibraka Nasional 2016 saat berkunjung ke Redaksi Liputan6.com | Foto : Gempur Muhammad Surya

 

Glo, begitu dia biasa disapa, memilih kontra akan kebijakan terbaru ini.

"Ii mungkin bakal terdengar aneh, dan tidak bermaksud sexiest. Tapi ketika langkah tegap pakai rok, kaki bisa setinggi yang cowok-cowok," katanya.

"Itu ada kebanggaan sendiri as a woman," ujarnya.

Dan, ketika anggota Paskibraka Nasional 2019 mengenakan rok, lebih terlihat elegan. "Jadi, kalau aku pribadi, tidak pernah mau menukarnya dengan celana," katanya.

Bila ada yang berpendapat pakai rok akan kelihatan bagian dalam atau sebagainya, Gloria mengatakan bahwa enggak pernah ada kejadian seperti itu.

"Karena memang pada dasarnya kita saja pakai PDU tidak boleh bergerak semena-mena," katanya.

"Jadi, posibilitas kelihatan dan lain-lain kecil banget," ujarnya.

 

Pakai Celana Panjang Hanya untuk Paskibraka Nasional 2019 Berjilbab

Berdasarkan pantauan Diary Paskibraka, boleh dikatakan bahwa mayoritas anggota Paskibraka Nasional 2019 putri yang mengenakan jilbab berjumlah cukup banyak (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

 

Bahkan, Gloria menanggap 'aneh' bila kebijakan penggunaan celana panjang hanya untuk Paskibraka Nasional 2019 yang berjilbab saja.

Lagipula setiap anggota Paskibraka yang mengenakan jilbab, rok yang mereka kenakan batasnya di bawah dengkul ditambah dengan pemakaian leging dan kaos kaki panjang.

"Tapi ya balik lagi, ini kan sudah diatur. Aku pribadi mendukung apa pun keputusannya, selama itu tidak melanggar aturan apa-apa kayak waktu yang logo itu," katanya.

Saksikan Video Terkait Paskibraka Nasional

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Dilamar Roger Danuarta, 4 Pria Ini Sempat Dekati Cut Meyriska

Posted: 28 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cut Meyriska resmi bertunangan dengan Roger Danuarta setelah menggelar acara lamaran di D'Banquet, Jakarta Utara, pada Minggu (28/7/2019). Keduanya nampak serasi menggunakan baju berwarna biru saat prosesi lamaran.

Padahal sebelum melangsungkan lamaran, hubungan Cut Meyriska dan Roger Danuarta sempat terhalang restu orangtua. Ayah Cut Meyriska tidak setuju anaknya dengan Roger Danuarta karena pernah tersandung kasus narkoba.

Seiring berjalannya waktu, hubungan keduanya mulai mendapatkan restu dan langsung menggelar proses lamaran.

Namun sebelum melabuhkan cintanya ke Roger Danuarta, ternyata Cut Meyriska sempat singgah di hati beberapa pria, bahkan sampai berencana menikah namun kandas. Siapakah pria-pria yang sempat dekat dan singgah di hati Cut Meyriska? berikut ulasannya.

Kevin Julio

(Agus Apriyanto/KapanLagi)

Cut Meyriska sempat dikabarkan dekat dengan pesinetron Kevin Julio. Kabar tersebut berhembus setelah keduanya sama-sama bermain dalam sinetron Arti Sahabat yang tayang 2010.

Meski beberapa kali sempat jalan bersama, namun keduanya membantah memiliki hubungan khusus. Kedekatan mereka hanya sebatas teman saja dan tidak lebih.

Teuku Fathir

Teuku Fathir 9Sumber: Kapanlagi)

Cut Meyriska diam-diam ternyata menjalin hubungan asamara dengan perwira polisi bernama Teuku Fathir. Tiga tahun berpacaran, keduanya dikabarkan akan segera naik pelaminan dan telah bertunangan.

Namun hubungan keduanya kandas di tengah jalan dan memilih untuk menjalani kehidupan masing-masing.

 

Amedz

Amedz (Sumber: Instagram @amedzzz)

Sempat gagal menikah membuat Cut Meyriska kian tertutup dengan kisah cintanya. Sampai akhirnya sebuah akun gosip menyebar foto Cut Meyriska dengan kekasih baru bernama Amedz.

Sama seperti sebelumnya, hubungan keduanya sempat ingin melangkah ke jenjang pernikahan. Namun lagi-lagi Cut Meyriska harus merasakan patah hati, karena hubungannya kandas ditengah jalan. Padahal, keduanya telah mengenal keluarga satu sama lain.

Omar Daniel

Adegan sinetron Malaikat Cinta (Sinemart)

Cut Meyriska juga sempat dikabarkan dekat dengan pesinetron Omar Daniel. Kabar tersebut berhembus saat keduanya sama-sama bermain dalam sinetron Putri Titipan Tuhan pada 2017 lalu.

Apalagi, baik Omar Daniel dan Cut Meyriska sering membagikan momen kebersamaan mereka di media sosial masing-masing. Meski begitu, baik Cut Meyriska dan Omar Daniel membantah kalau mereka punya hubungan spesial.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan vs Benfica: Borini, Biglia, dan Calhanoglu Jadi Sorotan Giampaolo

Posted: 28 Jul 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Massachusetts - AC Milan kalah 0-1 dari Benfica dalam lanjutan International Champions Cup (ICC) di Gillette Stadium, Massachusetts, Amerika Serikat. Meski kalah, tiga pemain AC Milan mendapat pujian dari pelatih anyar mereka, Marco Giampaolo.

"Saya suka apa yang diperlihatkan oleh Fabio Borini, Lucas Biglia, dan Hakan Calhanoglu. Secara umum, saya suka permainan para gelandang," ujar Giampaolo seperti dilansir situs resmi klub.

Di pertandingan melawan Benfica, AC Milan turun dengan formasi 4-3-1-2 dan skuat inti mereka. Sementara, Benfica bermain dengan formasi 4-2-3-1.

Gol bagi Benfica ke gawang AC Milan baru lahir pada babak kedua. Adel Taarabt mencetak gol pada menit ke-70 setelah memaksimalkan umpan Fransisco Ferreira.

Giampaolo menilai AC Milan telah bermain baik, meski gagal menang dari Benfica. Menurutnya, salah satu nilai plus dari pertandingan ini adalah proses adaptasi yang cepat dari pemain terhadap taktiknya.

"Mereka mengerti, mereka mencerna dan dengan mudah menerapkan apa yang saya minta," ujar Giampaolo.

AC Milan tinggal menyisakan satu laga persahabatan lagi melawan Manchester United, Sabtu (3/8/2019). Laga ini masih berlangsung di Amerika Serikat sebagai bagian dari International Champions Cup.

Total, AC Milan telah menyelesaikan dua laga ujicoba. Sebelumnya, AC Milan kalah 0-1 dari Bayern Munchen.

 

Integrasi Pemain

AC Milan (AP Photo/Antonio Calanni)

Giampaolo menuturkan, ia masih punya pekerjaan rumah untuk menyatukan para pemain. Pasalnya, saat ini ada beberapa pemain AC Milan yang belum bergabung ke dalam tim.

"Pertandingan berikutnya akan membantu kondisi, rasa pemahaman, dan pengaturan pertandingan. Kami harus mengintegrasi para pemain yang belum ada di tim sekarang, sebisa yang kami mampu," ujar Giampaolo mengakhiri.

Kontrak Dua Musim

Di sisi lain, Giampaolo sendiri mendapat kontrak dengan jangka waktu dua musim disertai opsi perpanjangan selama satu musim.Di Milan, Giampaolo diyakini akan menerima bayaran senilai 2 juta euro per musim.

Sebelumnya, Giampaolo telah resmi memutus kontraknya bersama Sampdoria yang sejatinya masih tersisa satu tahun lagi. Sebagai pelatih Sampdoria, Giampaolo mencatatkan 49 kemenangan, 26 hasil imbang dan 48 kekalahan dalam 123 pertandingan selama tiga musim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Hasil Editan Foto Babe Cabita Ini Kocak Parah, Bikin Cengar-Cengir

Posted: 28 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang selebritis tentu saja akan mendapatkan banyak sorotan dari para netizen. Bukan hanya penampilan ataupun karirnya saja yang menjadi sorotan. Akan tetapi unggahan-unggahan foto atau video di media sosial para selebritis tersebut juga menjadi pembicaraan publik.

Salah satu selebritis yang cukup sering mengunggah foto atau video ialah komedian Babe Cabita. Bahkan dalam beberapa postingan yang diunggah oleh Babe Cabita cukup sering membuat netizen tertawa.

Pasalnya, Babe cukup sering mengunggah editan foto di akun Instagram pribadinya @babecabiita. Bahkan ia juga beberapa kali mengunggah foto bersama para selebritis luar negeri di akun media sosial. Namun, tentu saja foto Babe Cabita bersama para selebritis luar negeri tersebut hanyalah editan.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @babecabiita, Senin (29/7/2019) hasil edit foto yang diunggah oleh Babe Cabita merupakan hasil kreativitas para netizen. Berikut ini beberapa hasil editan foto Babe Cabita yang bisa membuat kamu senyum sendiri.

1. Pada unggahan ini, Babe Cabita juga menandai akun Instagram pribadi para personil BLACKPINK

Babe Cabita (Sumber: Instagram/babecabiita)

2. Bagaimana penampilan Babe Cabita saat jadi Shah Rukh khan?

Babe Cabita (Sumber: Instagram/babecabiita)

3. Rupanya Babe merupakan teman lama dari Justin Bieber nih

Babe Cabita (Sumber: Instagram/babecabiita)

5. Editan Babe dengan Jennie ini banyak bikin netizen geleng kepala

6. Bisa bedakan yang mana Babe Cabita?

7. Bikin susah nahan ketawa nih, kocak parah

View this post on Instagram

Emang dari kecil akutu paling dimanja ama papa..

A post shared by babecabiita (@babecabiita) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPRD DKI Minta Anies Sediakan Kantong Daging Kurban Ramah Lingkungan

Posted: 28 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang warga Ibu Kota menggunakan plastik sekali pakai sebagai wadah distribusi daging hewan kurban. DPRD DKI mendukung kebijakan tersebut.

"Melarang plastik bagus, kami dukung demi lingkungan itu," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono di kantornya, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).

Meski begitu, Gembong meminta Pemprov DKI tidak hanya melarang penggunaan plastik sebagai wadah daging hewan kurban.

Dia meminta Gubernur Anies juga memberikan solusinya.

"Misalnya apa? sediakan kantong yang ramah lingkungan, wadah-wadah bambu gitu misalnya. Jangan cuma larang-larang saja," ucapnya menandaskan.

 

Seruan Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan terkait pengambilalihan pengelolaan air, Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (11/2). Pemprov DKI akan mengambil alih pengelolaan air dari PT Aetra Air Jakarta dan PT PALYJA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Anies sudah menandatangani aturan larangan penggunaan kantong plastik saat pembagian daging kurban.

"Jadi, saya menandatangani hari ini, bukan instruksi gubernur, tapi seruan gubernur kepada seluruh masyarakat terkait dengan penyelenggaraan Idul Adha untuk menggunakan pembungkus tidak dari plastik sekali pakai, tapi dari bahan bisa didaur ulang," kata Anies di Jakarta, Kamis, 25 Juli 2019, malam.

Soal penjualan hewan kurban yang biasa ditemukan di trotoar jalan Ibu Kota, Anies menegaskan siap diatur oleh wali kota masing-masing wilayah.

"Jadi, nanti segala macamnya ditata, wali kota sedang atur," jelas Anies.

Penataan ini, ujar Anies Baswedan, bukan untuk melarang mereka mencari nafkah. Hanya saja tata letak mereka ditempatkan sedemikian rupa agar tak mengganggu pengguna jalan, khususnya pejalan kaki.

"Diatur sehingga tidak mengganggu lalu lintas orang, kendaraan. Mereka tetap bisa berdagang di tempat yang mudah dijangkau. Pak Walkot yang tentukan," ucap Anies.

Anies juga mengatakan limbah pemotongan hewan kurban sudah dikordinasikan dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta guna pengawasan dan pemeriksaan daging hewan kurban.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Putuskan Leg Kedua Final PSM Vs Persija Jakarta Selasa 6 Agustus 2019

Posted: 28 Jul 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Partai leg kedua final Piala Indonesia 2018 antara PSM Makassar vs Persija Jakarta bakal berlangsung, Selasa (6/8/2019) di stadion Andi Mattalatta, Makassar. Kepastian itu diperoleh lewat surat edaran PSSI bernomor 2711/AGB/537/VII-2019 yang ditandatangani Sekretaris jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha.

 

"Bersama dengan ini disampaikan penetapan jadwal pertandingan final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 leg 2 antara PSM Makassar melawan Persija Jakarta adalah sebagai berikut," demikian bunyi petikan surat tersebut.

Dalam surat itu, diputuskan pertandingan akan berlangsung Selasa 6 Agustus 2019 pukul 15.30 WIB atau 16.30 WITA. PSSI juga meminta manajemen PSM Makassar selaku tuan rumah mempersiapkan diri untuk mentyelenggarakan pertandingan tersebut

Semula, partai leg kedua PSM vs Persija Jakarta bakal berlangsung, Minggu (28/7/2019), namun ditunda. PSSI memutuskan menunda pertandingan tersebut karena faktor keamanan. Penunadaan itu disampaikan juga lewat Ratu Tisha.

"Atas dasar pertimbangan keamanan dan kenyamanan, laga final kedua Kratingdaeng Piala Indonesia kami tunda," jelas Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dalam situs resmi PSSI.

Sebelumnya. Persija sukses mengalahkan PSM Makassar pada leg pertama final Piala Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/7/2019). Gol tunggal Persija dalam partai tersebut dicetak Ryuji Utomo.

 

 

Teror Suporter

Suporter PSM Makassar saat pertandingan melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, skuat Persija Jakarta kabarnya mendapat teror mulai dari hotel tempat mereka menginap sampai ketika uji lapangan, Sabtu (27/7/2019). Di hotel, sejumlah oknum suporter meneror tim Persija dengan menyalakan petasan plus suara knalpot yang bising pada Sabtu (27/7/2019) dinihari WITA.

Permintaan untuk menunda pertandingan sendiri muncul dari pihak Persija Jakarta. "Iya, sama meminta dijadwalkan ulang, pertandingan di tempat netral. Namun, tergantung PSSI. Kami masih menunggu PSSI," kata manajer Persija, Ardhi Tjahjoko.

Berikut isi surat keputusan PSSI soal laga leg kedua PSM vs Persija Jakarta

Surat Resmi PSSI

Surat PSSI terkait PSM vs Persija di leg kedua final Piala Indonesia (Liputan6.com/Istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korsel Bebaskan 3 Warga Korut yang Melintas Perbatasan

Posted: 28 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Pyongyang - Tiga warga Korea Utara diketahui melintasi perbatasan laut pada akhir pekan. Mereka tertangkap tengah menaiki kapal penangkap ikan. Menanggapi hal itu, Kementerian Unifikasi Seoul mengatakan hendak membebaskan ketiganya, lapor The Straits Times dikutip Senin (29/7/2019).

Sebetulnya insiden ini bukanlah hal baru. Kapal-kapal nelayan Korea Utara sering melanggar perbatasan laut antar-Korea atau pergi ke Selatan.

Namun dalam kasus pekan lalu, otoritas Korsel menarik kapal melintasi perbatasan pada Sabtu. Saat itu, Seoul melihat terdapat handuk putih diikatkan pada tiang perahu sebagai tanda mereka berpotensi ingin membelot, kata pejabat.

Sementara ketiga warga Korea Utara yang ada di kapal mengatakan dalam interogasi, mereka telah keluar jalur secara tidak sengaja dan ingin kembali ke rumah.

Korea Selatan memberi tahu Pyongyang, para kru telah setuju untuk meninggalkan pelabuhan Korea Selatan menuju Korut. Mereka akan kembali Senin malam, kata kementerian yang bertanggung jawab atas urusan antar-Korea di Seoul dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini dilakukan oleh Seoul menyusul tindakan Korea Utara melepaskan kapal penangkap ikan Rusia. Dalam perahu nelayan itu terdapat 15 awak Rusia dan dua awak Korea Selatan yang ditahan setelah dituduh melanggar peraturan masuk.

Korsel Sempat Diperingatkan dengan Rudal

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un mengawasi langsung uji coba peluncuran rudal balistik Hwasong-12 di lokasi yang tak diketahui pada foto yang dirilis Sabtu (16/9). Kim Jong-Un bersumpah akan menyempurnakan kekuatan nuklir negaranya. (KCNA/KNS via AP)

Sementara itu, beberapa waktu lalu Korea Utara meluncurkan rudal tipe baru. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan hal itu sebagai peringatan bagi Korea Selatan untuk berhenti mengimpor senjata teknologi tinggi, dan melakukan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat (AS), lapor media pemerintah KCNA.

Korut melakukan uji coba peluncuran dua rudal balistik jarak pendek baru pada Kamis, 25 Juli 2019, kata pejabat Korea Selatan, lapor Al Jazeera.

Ini merupakan tes pertama sejak pertemuan terakhir antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump pada bulan lalu, ketika kedua pemimpin negara setuju untuk menghidupkan kembali pembicaraan denuklirisasi.

Kepala Staf Gabungan Seoul (JCS) mengatakan, dua rudal Korea Utara diluncurkan tepat setelah fajar dari Wonsan di pantai timur.

Seorang pejabat militer di Seoul mengatakan salah satu dari dua senjata itu terbang sejauh lebih dari 430 kilometer, sementara yang lain menempuh jarak 690 kilometer.

Laporan KCNA tidak menyebutkan Donald Trump atau AS, tetapi mengatakan Kim Jong-un mengkritik pihak berwenang Korea Selatan karena melakukan latihan bersama, yang biasanya dilakukan dengan pasukan Negeri Paman Sam.

"Kita tidak bisa tidak mengembangkan sistem senjata super-kuat nonstop untuk menghilangkan potensi dan ancaman langsung terhadap keamanan negara kita yang ada di Selatan," kata Kim, menurut KCNA.

Kim Jong-un menuduh Korea Selatan melakukan "transaksi ganda", karena mengatakan mereka mendukung perdamaian, tetapi secara bersamaan mengimpor senjata baru dan melakukan latihan militer.

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nemanja Matic Tersanjung Dijagokan Jadi Kapten MU

Posted: 28 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Nemanja Matic mengaku sangat tersanjung menjadi salah satu kapten MU musim depan. Gelandang asal Serbia itu bertekad untuk memberikan yang terbaik jika jabatan itu benar-benar disandangnya.

Salah satu legenda MU, Bryan Robson menjadi salah satu yang setuju jika Matic menjadi kapten musim depan. Selain itu Robson juga menjagokan bek MU, Chris Smalling untuk jadi kapten.

Hal ini tentu membahagiakan Matic. Apalagi Ole Gunnar Solskjaer belum membuat keputusan soal kapten sejauh ini.

"Saya memang salah satu pemain berpengalaman di MU sekarang. Saya ingin memimpin tim ini dengan cara sebaik mungkin," kata Matic seperti dilansir Manchester Evening News.

"Namun manajer yang harus membuat keputusan soal kapten ini. Apapun yang diputuskan, semua pemain MU pasti menerimanya," ujarnya menambahkan.

 

 

Calon Lain

Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, tampak kecewa usai dikalahkan Chelsea pada laga final Piala FA 2017-2018 di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2018). Chelsea menang 1-0 atas Manchester United. (AFP/Ian Kington)

Solskjaer masih punya dua pekan lagi untuk menentukan kapten. Selain Matic dan Smalling, pemain MU lain yang sempat diusung menjadi pemimpin tim adalah David De Gea, dan Paul Pogba.

Bahkan De Gea sendiri sudah menyatakan kesiapannya memimpin tim musim depan.

"Soal kapten memang penting. Namun lebih penting lagi jika kami bermain bagus di lapangan dan membantu satu sama lain," ujar Matic.

Jadwal

Jadwal pramusim MU

Rabu 31 Juli 2019

Kristiansund vs Manchester United

Sabtu, 3 Agustus 2019

MU v AC Milan

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin: Blockchain Bakal Bawa Bisnis Lebih Maju

Posted: 28 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani mengatakan, keberadaan blockchain di era digital akan membantu tren bisnis global di masa mendatang.

Dia menjelaskan, dalam ekonomi global, negara yang dapat memanfaatkan inovasi blockchain akan mendapatkan posisi terbaik dalam daya saing global.

"Perusahaan dapat benar-benar maju dengan menghadirkan solusi blockchain pada bidang usaha masing-masing. Tentu saja untuk mencapai target masa depan, strategi padu-padan teknologi adalah sesuatu yang kita butuhkan untuk melihat bisnis kita berkembang," tuturnya dalam acara Global Blockchain Investment Summit di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Rosan menambahkan, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang berada di garda terdepan dalam penerapan blockchain di Asia Tenggara.

"Bank Indonesia telah meluncurkan mata uang digital sendiri yang berbasis teknologi blockchain. Langkah itu diikuti oleh industri perbankan Tanah Air, seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Danamon, dan Bank Permata," paparnya.

Adapun dengan ekonomi nasional dan potensi penerapan blockchain yang lintas sektoral, pihaknya mengaku optimistis blockchain dapat mendukung posisi Indonesia sebagai sentra teknologi (technology hub) regional.

"Indonesia terhitung relatif di tahap awal pengembangan blockchain. Tapi peluang yang tersedia sangat terbuka, walaupun masih ada sejumlah tantangan yang signifikan," tegasnya.

 

Industri Blockchain Punya Potensi Besar di Indonesia

Indonesia Blockchain Summit. Dok: KoinX

Sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam perkembangan industri blockchain di masa yang akan datang.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) bahkan telah menerbitkan peraturan baru pada Februari 2019, yang menetapkan struktur dan aturan mengenai pertukaran mata uang kripto, perusahaan penyimpanan, dan juga perusahaan manajemen dompet aset digital.

Peraturan ini memberikan kepastian yang lebih menjanjikan untuk bisnis aset kripto dan blockchain, serta kepercayaan kepada bisnis baru untuk berinvestasi di sektor ini.

Untuk memanfaatkan peluang tersebut, KoinX bekerja sama dengan Bgogo, Jinse, dan Chainup menggelar acara Indonesia Blockchain Summit pada 1 April 2019 di GreenHouse Co-working Space, Jakarta.

"Kami berhasil mengumpulkan proyek-proyek blockchain terdepan, venture capital global, konglomerat bisnis lokal, menteri, dan pembuat kebijakan ke dalam satu ajang pertemuan, sehingga masing-masing pihak dapat membagikan pandangan mereka terhadap bagaimana blockchain dan aset kripto dapat menjadi sangat transparan, aman, dan juga sesuai dengan perkembangan industri blockchain di Indonesia," kata Samuel Tng, CMO KoinX.

Dalam keterangan tertulis yang Tekno Liputan6.com terima, Selasa (4/3/2019), Indonesia Blockchain Summit diselenggarakan dengan tujuan untuk mengumpulkan semua pihak baik itu pemerhati, investor, dan proyek blockchain terkemuka dari seluruh dunia untuk memberi kesempatan bagi semua pihak untuk memahami potensi ekonomi blockchain di Indonesia.

Blockchain Kian Dimanfaatkan untuk Industri Perbankan dan Fintech

Ilustrasi blockchain. Dok: netscout.com

Blockchain & Fintech Southeast Asia Summit 2019 baru saja diadakan di Hotel JW Marriot Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019). Ajang ini diramaikan ratusan pelaku industri digital.

Acara diisi dengan seminar dan pemaparan berbagai hal yang berkaitan dengan Blockchain dan Fintech. Peserta berkesempatan berdiskusi dan saling tukar pengalaman terkait bisnis berbasis digital yang dijalankan.

Salah satu pembicara, Rusdi Rusdiah, Chairman ABDI dan Pakar Telekomunikasi dari Komitel mengatakan kalau Blockchain merupakan teknologi yang cocok digunakan untuk bisnis yang membutuhkan tingkat kepercayaan (trust) tinggi. Salah satunya adalah bisnis yang berkaitan dengan bidang keuangan. 

"Sejauh ini Blockchain merupakan satu-satunya teknologi yang mampu menjawab kebutuhan perusahaan yang memerlukan tingkat kepecayaan tingkat tinggi seperti perbankan atau lembaga keuangan berbasis teknologi (fintech)," kata Rusdi dalam keterangan resminya.

Ke depannya, lanjutnya, program ini akan menggantikan teknologi-teknologi yang sudah ada terlebih dahulu, terutama digunakan oleh perusahan-perusahan yang memerlukan peran atau keterlibatan pelanggan. 

"Blockchain cocok digunakan oleh perusahaan yang memerlukan keterbukaan data dan informasi bagi semua pihak baik perusahaan maupun pelanggan," terangnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: