Sabtu, 13 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Setelah Tertunda, Rusia Akhirnya Luncurkan Teleskop ke Ruang Angkasa

Posted: 13 Jul 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Rusia sukses meluncurkan teleskop ruang angkasa pada Sabtu, 13 Juli 2019, dari kosmodrom di Baikonur, Kazakhstan. Ini adalah proyek kerja sama dengan Jerman yang peluncurannya sempat tertunda pada 21 Juni lantaran masalah baterai.

Video yang dipublikasikan di situs Roskosmos, badan antariksa Rusia, menunjukkan roket Proton-M yang membawa Spektr-RG lepas landas dari landasan peluncuran di Baikonur.

Spektr-RG, yang dikembangkan bersama Jerman, adalah sebuah observatorium ruang angkasa pengganti Spektr-R yang dikenal sebagai "Teleskop Hubble-nya Rusia". Menurut keterangan Roskosmos, Spektr-R tiba-tiba kehilangan kendali pada Januari kemarin dan tidak diketahui keberadaannya di antariksa.

Spektr-R diluncurkan pada 2011 untuk mengamati Lubang Hitam, bintang neutron, dan medan magnet yang ada di angkasa luar. Sedangkan penggantinya mendapatkan tugas yang sama, di samping menyelesaikan peta dunia, kata Roskosmos seperti dikutip dari situs phys.org, Minggu (14/9/2019).

Sementara itu, sejumlah pengamat sains menuturkan bahhwa program angkasa luar Rusia telah mengalami serangkaian kemunduran dalam beberapa tahun terakhir, meskipun Negeri Beruang Merah tetap berkomitmen pada proyek-proyek ambisius.

Hal tersebut dikarenakan adanya dugaan korupsi yang menjerat para pejabat tinggi Roskosmos dan persaingan ketat dengan SpaceX milik Elon Musk. 

Misi sains antariksa Rusia pun dikatakan sangat menderita sejak runtuhnya Uni Soviet pada 1991. Pemotongan anggaran telah memaksa program angkasa luar Rusia untuk beralih ke upaya yang lebih komersial. 

Sejak 2011, Rusia menjadi satu-satunya negara yang mampu secara rutin mengirimkan tim astronaut ke International Space Station atau Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Sedangkan peluncuran berikutnya ke ISS dijadwalkan dilaksanakan pada 20 Juli dan akan membawa antariksawan Italia dan Amerika Serikat, bersama-sama dengan kosmonot Rusia.

Sekilas Tentang Spektr-RG

Pesawat ruang angkasa Rusia, Soyuz TMA - 19M  saat meluncur menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional di landasan peluncuran Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan (15/12/2015). (Liputan6.com/AFP Photo Kirill Kudryavtsev)

Roscosmos menambahkan, Spektr-RG dikirim ke orbitnya sekaligus menjadi tujuan akhirnya yang bernama titik Lagrange L2.

Titik tersebut adalah tempat yang unik di tata surya, di mana sebuah objek dapat mempertahankan posisinya yang relatif terhadap matahari dan planet-planet yang mengorbitnya. Terletak 1,5 juta kilometer (0,93 juta mil) dari Bumi, Lagrange L2 sangat ideal untuk teleskop seperti Spektr-RG.

Jika semuanya berjalan dengan baik, teleskop itu akan tiba pada titik yang ditentukan dalam tiga bulan dan menjadi pesawat ruang angkasa Rusia pertama yang beroperasi di luar orbit Bumi sejak era Soviet.

Kemudian, Spektr-RG akan melakukan survei sinar-X lengkap langit pada tahun 2025 dan menjadi teleskop ruang angkasa pertama yang melakukannya.

Di satu sisi, misi pemerintah Rusia tersebut dijalankan bersamaan dengan peringatan 50 tahun peluncuran Apollo 11 yang sukses mendaratkan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di Bulan pada 20 Juli 1969.

Sebelumnya, penyelidikan Mars yang disebut Mars 96, gagal meninggalkan orbit Bumi pada tahun 1996. Upaya selanjutnya untuk mengirim penyelidikan ke Mars, yang disebut Fobos-Grunt, mengalami nasib serupa pada tahun 2011.

Sedangkan pengerjaan teleskop Spektr-RG dimulai pada 1980-an, tetapi dibatalkan pada 1990-an. Spektr-RG dihidupkan kembali pada tahun 2005 dan didesain ulang menjadi lebih kecil, lebih sederhana, dan lebih murah dalam bentuk yang modern.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyaris Jadi Sasaran Demo di Jombang, Dinar Candy: Salah Saya Apa?

Posted: 13 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Profesi Dinar Candy sebagai seorang DJ, membuatnya kerap mendapat undangan tampil di berbagai daerah. Namun tak semua masyarakat menerima kehadiran wanita yang kerap tampil seksi ini.

Belum lama ini, Dinar Candy mengabarkan bahwa ia batal tampil di Jombang, Jawa Timur. Dinar menyampaikan hal tersebut melalui sebuah keterangan foto di Instagram.

"Halo candyboys and candygirls Jombang sehubungan dengan adanya berita ini Kemungkinan dinar tidak akan jadi datang tapi masih di urus sama pihak Eo untuk perizinan kepolisian," tulis Dinar Candy sebagai keterangan foto berisi spanduk acara yang digelar Organisasi Kesehatan Peduli Remaja (OKPR) itu.

Tak sampai situ. Dinar Candy juga kebingungan saat ia mendapat kabar dirinya hendak jadi sasaran demo andai tampil di acara itu.

"Semoga semuanya baik-baik saja, saya baca di forum jombang juga make segala ada yg demo emang salah saya apa?" Dinar Candy mengutarakan.

Komentar Warganet

Dinar Candy (Nurwahyunan/Fimela.com)

Beberapa warganet pun menyampaikan pendapat mengapa Dinar Candy sampai ditolak di wilayah yang mendapat julukan Kota Santri tersebut.

"Kalau di jombang memang gitu kan kota santri jadi susah," tulis @kang_fotoo.

"Terlalu vullgar," ceplos @fadlyfadilla singkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krakatau Posco Buka Lowongan Kerja untuk 4 Posisi, Cek di Sini!

Posted: 13 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan patungan antara PT Krakatau Steel & POSCO yang bergerak di bidang industri baja, yakni PT Krakatau Posco kembali membuka membuka lowongan kerja terbaru.

Kali ini, PT Krakatau Posco membuka lowongan kerja untuk empat posisi sekaligus. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 26 Juli 2019.

Sekadar informasi, PT Krakatau Posco adalah perusahaan kerjasama antara PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Indonesia dan POSCO Korea.

Konstruksi pembangunan dimulai pada tahun 2011 dan selesai dalam waktu 36 bulan menjadikan Krakatau Posco sebagai Pabrik Baja Terpadu yang memiliki Teknologi Blast Furnace pertama di Indonesia.

Produksi komersial telah dimulai pada awal 2014, siap melayani pasar baja Indonesia dan menjadi perusahaan baja handal dan paling kompetitif di pasar baja regional.

Mengutip laman PT Krakatau Posco, berikut posisi yang disediakan, uraian tugas, persyaratan bagi para pelamar, dan tata cara pendaftaran lowongan kerja tersebut:

1. Material/Metallurgical Engineer

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Lokasi: Cilegon

Uraian Tugas:

Mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan operasi pembuatan baja.

Persyaratan:

1. Lulusan Sarjana di bidang Material/Metallurgical Engineering;

2. Minimal IPK 3,00;

3. Maksimum usia 25 tahun;

4. Lancar berbahasa Inggris (Bicara & Menulis);

5. Bersedia bekerja di Kota Cilegon;

Catatan:

Hanya kandidat terpilih yang akan dipanggil.

2. HR Development Staff

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Lokasi: Cilegon

Uraian Tugas:

- HR System Development

- Performance management

- Competency management

- Recruitment Process

Persyaratan:

1. Lulusan Sarjana Teknik Industri/Business Management/HR Management;

2. Minimal IPK 3,00;

3. Usia maksimum 25 tahun;

4. Lancar berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan;

5. Memiliki pengetahuan yang baik terkait Management Information System dan Development;

6. Memahami HR System dan Proses Bisnisnya;

7. Memiliki pengalaman di bidang HR akan lebih menguntungkan;

8. Bersedia bekerja di Cilegon.

Catatan:

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi.

3. Organization Development Staff

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Lokasi: Cilegon

Uraian Tugas:

- Mengevaluasi dan mendesain struktur organisasi dan beban kerja untuk menjaga misi perusahaan

- Meninjau dan mengimplementasikan budaya perusahaan

Persyaratan:

1. Lulusan Sarjana Teknik Industri;

2. IPK minimal 3,00;

3. Usia maksimal 25 tahun;

4. Lancar berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan;

5. Memiliki pengalaman di bidang HR lebih diutamakan;

6. Bersedia untuk bekerja di Cilegon.

4. Production Support Engineer

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Lokasi: Cilegon

Uraian Tugas:

Melakukan pekerjaan yang ditugaskan terkait dengan operasi pendukung produksi.

Persyaratan:

1. Lulusan Sarjana Teknik Industrial;

2. IPK minimal GPA 3,00;

3. Usia maksimal 28 tahun;

4. Lancar Berbahasa Inggris (lisan & tulisan);

5. Bersedia untuk bekerja di Cilegon.

Catatan:

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi.

Tata Cara Pendaftaran

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan pendaftaran secara online di sini sesuai posisi yang ingin Anda lamar.

Ingat, pendaftaran lowongan kerja hanya dibuka hingga 26 Juli 2019.

Selamat mencoba lowongan kerja tersebut dan semoga sukses!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Dekade Milo 10k Berlangsung Sukses

Posted: 13 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lomba lari Milo 10k pada Minggu, (14/7/2019), berlangsung sukses. Sebanyak 16 ribu peserta mengikuti lomba yang berlangsung di Kuningan, Jakarta Selatan.

Lomba Milo 10k 2019 dibagi menjadi kategori nasional (family run, 5k, 10k putra-putri) dan internasional (10k putra-putri). Penyelenggaraan tahun ini pun bertepatan dengan satu sekade lomba Milo 10k yang dimulai pada 2010 silam.

Sejumlah perbedaan terdapat pada gelaran tahun ini. "Tahun ini ada, kelas berlari Milo untuk pelari pemula 3 bulan sebelum event. Kita juga punya area berbeda seperti champions corner," ujar Donny Wahyudi selaku Sports Marketing Manager Nestle Milo saat jumpa pers.

(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Donny menambahkan satu dekade usia Milo 10k menjadi komitmen untuk terus mempromosikan gaya hidup aktif dan sehat. Lewat tagar #bisalebihbersamamilo, para peserta diharapkan bisa meningkatkan performa mereka dalam olahraga khususnya lari.

"10 tahun kita tidak berhenti di sini, dengan bersama-sama kita bisa mencapai yang lebih yaitu mereka bisa meningkatkan performa," ujar Donny.

Pujian kepada Milo10k juga terlontar dari Pelaksana Harian Kepala Bidang Prestasi Olahraga Dispora DKI Djakarta, Ahmad Djazimi. Menurutnya, Milo10k kian mendapat sambutan positif dari masyarakat.

"Dari tahun ke tahun, animo masy luar biasa. Kalau pun tidak dibatasi bisa membludak lagi. Hidup bugar itu kebutuhan. Semoga ke depannya bisa lebih semarak dan meriah lagi," kata Ahmad.

(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ikut Kembali

Agus Prayogo (Liputan6.com / Luthfie Febrianto)

Pada kategori 10k nasional putra, Agus Prayogo keluar sebagai juara. Pria yang juga atlet lari nasional ini mengaku senang, bisa kembali ke Milo10k setelah sempat absen.

Ia juga menyambut positif perpindahan lokasi dari Monumen Nasional (Monas) ke Epicentrum, Kuningan. "Di Monas crowded karena ada CFD (Car Free Day, red). Tahun ini treknya turun tetapi lebih steril," kata Agus.

Agus sendiri keluar sebagai juara dengan catatan waktu 30 menit 40 detik. Menurutnya, catatan itu menjadi yang paling baik selama mengikuti Milo 10k.

"Catatan waktu saya lebih bagus dari dia tahun lalu. Selama di rute sini, ini mungkin yang paling bagus," kata Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Celana Jeans Berulang Kali, Awas Kena Infeksi Jamur

Posted: 13 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Celana jeans (jin) biasanya dipakai berulang kali. Bahkan, ada yang mencucinya setelah sebulan dipakai. Walau jarang terjadi, seseorang bisa terinfeksi jamur atau juga bakteri gara-gara kebiasaan in.

"Kulit merupakan pelindung yang sangat baik terhadap infeksi," terang dokter Steve Xu dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, Amerika Serikat.

Sementara itu, Direktur Dermatologi Klinis dan Kosmetik dari Stony Brook Medicine, Adrienne Haughton, menyebut bahwa tetap ada risiko di balik penggunaan celana jeans berulang kali. Jika Anda rasa gatal-gatala atau infeksi jamur pada bagian selangkangan.

Lalu, bila punya kebiasaan menggunakan kaos kaki sebelum memasang celana dalam, jamur bisa berpindah pada area selangkanganmu dan kemudian pada celana jeansmu. Ketika celan tidak dicuci, jamur ini bakal terus berkembang.

"Jamur ini terus berkembang," jelasnya seperti dilansir Men's Health.

 

Ilustrasi celana jeans. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Seseorang yang memiliki ruam, luka terbuka, atau bahkan kulit kering cenderung lebih mudah mengalami infeksi bakteri. Lebih umum lagi, kandungan minyak di celana bisa menyebabkan jerawat atau bahkan bisul.

Secara khusus, Haughton menyebut bahwa tak ada pedoman kesehatan mengenai seberapa sering baju harus dicuci. Agar bisa digunakan secara lebih lama, sebaiknya celana digantung secara terbalik.

 

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pegiat Kuda Pustaka Lereng Slamet Ridwan Sururi Bertemu Gubernur Ganjar

Posted: 13 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Purbalingga - Luna, si kuda pustaka, hampir sama populernya dengan Ridwan Sururi, sang pemilik. Mereka berdua bak sejoli yang ke mana-mana berdua.

Tiap hari, Luna dan Ridwan berkeliling di desa-desa lereng Gunung Slamet. Seperti namanya, kuda pustaka, Luna membawa buku-buku bacaan di punggungnya.

Sejak 2014 lalu, Ridwan setia melakoni perjuangannya lewat kuda pustaka. Literasi menjadi minat terbesarnya.

Meski telah memiliki koleksi sebanyak 7.000 buku, hingga saat ini Ridwan belum memiliki perpustakaan permanen. Makanya, ia memilih mendatangi masyarakat dengan kuda pustakanya, terutama anak-anak untuk memantik minat bacanya.

Ridwan yang tinggal di Desa Serang, Karangreja, Purbalingga tiap hari berkeliling dari kampung ke kampung, dari desa ke desa lereng Gunung Slamet. Bersama kudanya, ia membawa buku dari jenis apa saja. Ada novel, komik, pengetahuan populer dan lain sebagainya.

Pada hari Minggu dan libur, Ridwan menyewakan kudanya di tempat wisata. Kebetulan, Desa Serang kini sudah populer dengan Lembah D'LAS-nya.

Pada hari libur itu, Ridwan mencari rezeki dengan menyulap Luna, sang kuda pustaka menjadi kuda tunggangan. Hari libur adalah waktu puncak kunjungan wisatawan ke desa ini.

Diundang Jokowi ke Istana

Ridwan Sururi, penggagas perpustakaan keliling menggunakan kuda (Aris Andrianto/Liputan6.com)

Lantaran aktivitasnya menggerakkan literasi ini, Ridwan telah menerima beragam penghargaan. Bahkan, pada Mei 2017 lalu, Ridwan diundang ke Istana Negara. Presiden Jokowi mengundang Ridwan pada hari Pendidikan Nasional.

Dua tahun berlalu, Ridwan dan Luna, si Kuda Pustaka, bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di SMA Negeri 1 Purbalingga, Jumat, 12 Juli 2019. Hari itu sedang berlangsung verifikasi lapangan lomba perpustakaan sekolah SMA/SMK/MA tingkat nasional tahun 2019.

Dalam kesempatan itu, Ganjar dan Ridwan sempat berbincang. Ganjar, juga memberikan bantuan sebesar Rp10 juta untuk Ridwan agar kegiatannya semakin berkembang.

Ganjar mengatakan, bantuan tersebut diberikan karena pengabdian Ridwan dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat. Kesabarannya membuat minat baca masyarakat, terutama anak-anak, meningkat.

Ridwan, bagi Ganjar, adalah sosok pejuang, lantaran mau meluangkan waktunya untuk mengajak masyarakat untuk mau membaca dan berkeliling dengan kudanya. Karenanya, aktivitas Ridwan ini butuh dukungan seluruh pihak.

"Nah, ini cara semacam ini yang paling kreatif dengan menggunakan kuda, bukunya ada dan rata-rata anak-anak, ini salah satu gaya yang unik yang bisa dikembangkan dan ini bagian untuk mendorong literasi biar literasi kita gak ketinggalan," ucap Ganjar.

Ridwan pun gembira dengan adanya bantuan itu. Impiannya untuk mengembangkan kuda pustaka semakin dekat dengan kenyataan.

Mimpi Pegiat Kuda Pustaka Punya Perpustakaan Permanen

Ridwan Sururi, pengelola kuda pustaka di Lereng Gunung Slamet bercerita soal aktivitasnya menggerakkan literasi di lereng Gunung Slamet. (Foto: Liputan6.com/Kominfo PBG/Muhamad Ridlo)

Ridwan ingin mempunyai perpustakaan yang lebih luas sehingga anak-anak bisa datang ke rumah untuk membaca buku dengan nyaman. Berdirinya perpusatkaan juga akan membuat dia bisa menambah koleksi buknya.

"Biasanya kalau ada anak-anak yang ke rumah mau pinjam buku terus pas di rumah ada tamu mereka itu gak jadi mungkin karena malu atau gak enak. Inginnya bangun perpustakaan di sebelah kandang kuda," Ridwan berkata.

Ridwan berencana menambah koleksi buku bacaan perpusatakaannya, khususnya buku bacaan anak-anak. Sebab, buku untuk anak-anak sangat kurang.

Selain sebagai koleksi perpustakaannya, ia juga berencana membantu orang-orang dengan minat yang sama, untuk meningkatkan literasi masyarakat. Ia akan berbagi buku koleksinya.

"Jadi mereka yang ingin membuat perpustakaan baru pada datang ke rumah pasti akan modal awal harus buku anak-anak jadi sebagian saya sumbangkan ke orang tersebut, memang rencana nanti kalau ada sisa seperti itu untuk menambah koleksi buku bacaan," Ridwan mengungkapkan.

Menanggapi keinginan Ridwan ini, Gubernur Ganjar menyarankan agar Ridwan membangun perpustakaan dengan bahan-bahan sederhana. Misalnya dengan menggunakan bambu dan disetting semacam kafe baca.

"Itu nantinya di belakang rumah di deket kandang kuda kan kita kuda pusataka kalau di situ di depan kandang kuda ada tempat membaca juga akan lebih sinkron," ucap Ganjar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Mata-Matai Pengguna, Apple Nonaktifkan Walkie Talkie di Apple Watch

Posted: 13 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple sementara menonaktifkan aplikasi Walkie Talkie pada Apple Watch. Pasalnya, Walkie Talkie ini diketahui bisa membuat orang lain memata-matai pengguna, tanpa ada izin dari si pengguna.

Apple menyebut, selama ini pihaknya tidak mengetahui adanya eksploitasi bug, hingga ada tanda bahaya dari sistem pelaporan kerentanan milik perusahaan.

Mengutip laman Softpedia, Minggu (14/7/2019), Apple memang tidak memberikan rincian mengenai masalah yang sebenarnya. Namun, perusahaan memastikan untuk menonaktifkan Walkie Talkie, hingga semua pengguna mendapatkan perlindungan melalui update patch yang dikirimkan.

Dalam pernyataannya kepada Tech Cruch, Apple menyebut, "Kami baru mengetahui adanya kerentanan terkait aplikasi Walkie Talkie di Apple Watch dan telah menonaktifkan fungsinya. Kami memperbaiki masalah ini dengan cepat."

Tidak hanya itu, pihak Apple juga meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Apple juga menyebutkan, akan segera mengembalikan fungsi Walkie Talkie.

Perhatikan Privasi Pengguna

Tampilan Apple Watch Series 4 (sumber: Apple)

"Meskipun kami tidak mengetahui apakah ada penyalahgunaan atas kerentanan ini, kami sangat memperhatikan keamanan dan privasi pelanggan kami," tutur pihak Apple.

Apple juga menekankan, menonaktifkan aplikasi merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, bug ini bisa memungkinkan seseorang untuk mendengarkan melalui iPhone milik orang lain, tanpa persetujuan dari si pengguna.

Sayangnya, belum ada kabar pasti, terkait kapan update patch akan dirilis.

Bukan Pertama Kalinya

Tampilan Apple Watch Series 4 (sumber: Apple)

Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya Apple menonaktifkan fitur kunci di sebuah perangkatnya, dengan tujuan untuk melindungi pelanggan.

Januari lalu, Apple mengetahui ada bug yang memungkinkan FaceTime menguping pengguna, padahal panggilan belum diterima.

Pihak Apple pun sempat menonaktifkan fitur panggilan grup untuk mencegah terjadinya eksploitasi. Namun beberapa hari kemudian, Apple langsung mengembalikan fitur itu setelah diperbaiki.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Surabaya Juara Pekan Olahraga Provinsi VI

Posted: 13 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Surabaya bertahan menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI. Surabaya memperoleh 113 medali emas dalam kegiatan tersebut.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pun mengapresiasi prestasi Surabaya tersebut lewat akun instagram @khofifah.ip pada Minggu (14/7/2019).

"Selamat kepada Kota Surabaya yang bertahan menjadi juara umum pada Porprov VI dengan 113 medali emas," tulis dia dalam akun instagramnya.

Pemenang berikutnya diikuti Kediri pada urutan kedua dengan perolehan 60 emas, kemudian di urutan ketiga dipegang oleh Sidoarjo dengan perolehan 46 emas. Adapun kota yang akan menjadi tuan rumah Porprov berikutnya yaitu Jember.

"Sampai jumpa dua tahun lagi di Porprov VII di Jember," tulis Khofifah.

Pada Porprov 2019 diikuti sebanyak 7.818 atlet dan 2.484 official. Total seluruh peserta sebanya 10.302 peserta. Porprov Jatim pun disebut termasuk yang terbesar di Indonesia. Adapun Pekan olahraga provinsi ini digelar dua tahun sekali.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by khofifah indar parawansa (@khofifah.ip) on

Gubernur Khofifah Ingin Transportasi Publik Tersedia Baik di Gresik hingga Surabaya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Khofifah membahas proyek infrastruktur dan transportasi di Jawa Timur seperti penambahan gerbang Commuter Line, pembangunan MRT dan LRT. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ingin transportasi publik di kawasan megapolitan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbang Kertosusilo) tersedia dengan baik.

Hal ini juga dalam rangka fokus percepatan pembangunan kepada pemerintah pusat yang meliputi peningkatan konektivitas, pariwisata dan pengembangan kilang minyak. Khofifah Indar Parawansa menyampaikan hal itu dalam rapat kabinet terbatas di Istana Bogor di Selasa 9 Juli 2019.

"Hanya boleh tiga tadi, kalau yang saya sampaikan banyak, misalnya saya juga ingin ada KEK untuk garam, juga percepatan elektrifikasi," ujar Khofifah, seperti dikutip dari laman Antara, Rabu, 10 Juli 2019.

Terkait konektivitas, ia menginginkan transportasi publik di kawasan megapolitan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbang Kertosusilo) tersedia dengan baik.

"Kami ingin konektivitas dalam banyak hal terutama public transportation. Gerbang Kertasusila ini agak terlambat menyiapkan opsi transportasi publik yang bisa memudahkan konektivitas antarwilayah yang masuk Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan," kata dia.

Ia menuturkan, sekarang di sana baru dibangun Surabaya Eastern Ringroad. Ia mengharapkan, selain dibangun itu, konektivitas antarkabupaten di dalam ring satu juga disiapkan transportasi publik termasuk di dalamnya MRT.

"Kami juga ingin tambahkan kereta komuter, tidak hanya sampai Lamongan namun sampai Tuba. Ini antisipasi proses pembangunan kilang minyak, kalau sudah jalan pasti butuh intensitas transportasi yang lebih tinggi," ujar dia.

 

Kembangkan Pariwisata

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Direktur Astra Paulus Bambang Wijanarko meninjau kegiatan siswa jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di SMKN 2 Donorojo, Jawa Timur, Minggu (7/7/2019). Astra melalui YPAMDR akan terus melakukan pendampingan program. (Liputan6.com/HO/Ilham)

Khofifah menuturkan, pihaknya juga akan mengembangkan kawasan Bromo Tengger dan Semeru (BTS). "BTS ini dulu sudah masuk proyek stratengis nasional. Kami harap ada percepatan pembangunan di wilayah BTS. Kami punya wilayah Selingkar Wilis, Selingkar Ijen dan BTS," tutur dia.

Ia menuturkan, saat ini wisatawan yang ingin menikmati matahari terbit atau tenggelam, harus datang lebih awal karena jalan yang sempit.

"Kami harap misalnya ada cable car di situ. Dan sudah disiapkan opsi-opsi tambahan yang bisa memudahkan akses bagi wisatawan untuk bisa ke Bromo sekaligus Tengger, rasanya ini akan jadi destinasi yang menggairahkan wisata Jatim,"kata dia.

Ia juga ingin kapal mewah penjelajah yang mengangkut wisatawan mancanegara juga dapat berkembang di provinsi itu dengan pengembangan Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo, Jawa Timur.

Sementara terkait kilang minyak, ia juga ingin apa yang sudah dilakukan oleh Rosnev (perusahaan minyak Rusia dalam persiapannya bisa didukung. Ini karena skala yang besar.

"Proses penyiapan skill-labour dari Maret 2019 sudah berjalan. Kami harap ini akan memberikan multiflier effect yang luas tak hanya PDRB Jawa Timur, namun PDB nasional," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aktris Hollywood Demo Tolak Konsumsi Daging Anjing

Posted: 13 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Hollywood, Kim Basinger, turut serta dalam demo menolak konsumsi daging anjing di Seoul, Korea Selatan. Mereka menuntut pemerintah keluarkan undang-undang tolak pembantaian. Aksi demo mereka dibalas oleh para warga pengonsumsi daging anjing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kala Veronica Gugup Berbincang dengan Ahok di Samarinda

Posted: 13 Jul 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok bersilaturahmi dengan warga Dayak di Kalimantan Timur. Beragam aspirasi mantan Gubernur DKI Jakarta ini serap, salah satunya dari Veronica.

Veronica yang dimaksud bukan Veronica Tan mantan istri Ahok. Dia adalah salah satu warga suku Dayak, Samarinda, Kalimantan Timur. Dalam penyampaian yang terlihat gugup, Veronica mengatakan dirinya bangga terhadap orangtua Ahok. yang telah memberi pengasuhan saat berkesempatan berdialog dengan Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama (BTP).

"Saya sangat kagum dengan bapak (Ahok), bagaimana orang tua bapak memberi pengasuhan kepada bapak?" tanya Vero sedikit gugup, di Samarinda, Minggu (14/7/2019).

Lain halnya dengan Verdinus kunoq, dia menyampaikan permintaan untuk disampaikan kepada Presiden RI terpilih, Joko Widodo atau Jokowi. Menurut Verdinus, dirinya yakin Ahok dapat menyampaikan aspirasi warga Kaltim terkait wacana Ibukota negara RI di wilayah Kaltim.

"Walaupun ibu kota masih wacana, Pak Ahok bisa memfasilitasi aspirasi ini ke Presiden, sudah pasti Jokowi mau mendengar Pak Ahok," ujar dia.

Sementara, Martinus dari organisasi kedaerahan, Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) mengajukan pertanyaan kepada Ahok terkait pengalamannya menjabat sebagai Kepala Daerah DKI Jakarta dan mengambil langkah berani dalam menentukan kebijakan.

Contohnya saja lelang jabatan mulai dari Lurah hingga wali kota, menggusur kawasan tertentu demi merapihkan tata kota, hingga optimalisasi pajak guna menggenjot pendapatan asli daerah.

Kepada Ahok, Martinus menceritakan bagaimana roda perusahaan tambang di daerahnya yang kerap memunculkan konflik kepentingan dengan masyarakat. Di satu sisi, pemerintah membutuhkan menarik pendapatan dari pertambangan, di sisi lain usaha ini bertolak belakang dengan budaya pertanian masyarakat Dayak.

Sebagai dampaknya, tidak jarang konflik terjadi dan tidak sedikit masyarakat Dayak yang menolak keberadaan tambang berakhir di jeruji besi dan meja hijau.

"Pemerintah memberikan izin menambang, tapi tak jarang ada konflik kepentingan yang membuat warga ditangkap karena melawan perusahaan," keluh Martinus.

 

Jabatan Bukan Utama

Ahok BTP dan Puput Nastiti Devi (Sumber: Instagram/lisaparantean)

Ahok pun lantas menjawab satu per satu pertanyaan yang dilontarkan para pengunjung. Dia juga menceritakan sepenggal perjalanan dirinya menata Ibu Kota Jakarta.

menurut Ahok, menjadi pejabat itu layaknya menjadi orangtua bagi masyarakat. Ahok menganggap jabatan bukanlah menjadi hal utama, namun bekerja secara benar dan jujur itu lebih baik.

Hikmah setelah ia tak lagi menjabat dan keluar dari penjara yakni, dirinya kerap diminta memberikan pandangan soal politik dan bisnis dari berbagai perusahaan swasta dan ia merasa bersyukur dengan pekerjaannya kini yang sama sekali tidak bersentuhan dengan kekuasaan.

"Buat apa jadi Gubernur, jadi Motivator lebih jauh istimewa," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Karen Vendela, Si Cantik yang Sukses Luluhkan Hati Boy William

Posted: 13 Jul 2019 09:51 PM PDT

Karen Vendela ialah putri dari konglomerat sekaligus fotografer terkenal, Hartono Hosea. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Karen Vendela ialah putri dari konglomerat sekaligus fotografer terkenal, Hartono Hosea. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Ibunda Karen Vendela merupakan seorang pengusaha di bidang kecantikan yaitu Margaret Vivi. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Ibunda Karen Vendela merupakan seorang pengusaha di bidang kecantikan yaitu Margaret Vivi. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Tidak hanya cantik, Karen Vendela juga ahli dalam membuat desain grafis. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Tidak hanya cantik, Karen Vendela juga ahli dalam membuat desain grafis. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Memegang gelar sarjana dari kampus luar negeri, Karen Vendela pernah mengenyam pendidikan di The Fashion Institute of Design & Merchandising (FIDM) Amerika Serikat. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Memegang gelar sarjana dari kampus luar negeri, Karen Vendela pernah mengenyam pendidikan di The Fashion Institute of Design & Merchandising (FIDM) Amerika Serikat. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Hubungan Boy William dan Karen Vendela bermula saat dirinya ingin memperkenalkan Karen kepada seorang temannya. Alih-alih menjadi mak comblang, ternyata Boy sendiri lah yang malah jatuh hati kepada Karen. (Liputan6.com/IG/karbearv)

Hubungan Boy William dan Karen Vendela bermula saat dirinya ingin memperkenalkan Karen kepada seorang temannya. Alih-alih menjadi mak comblang, ternyata Boy sendiri lah yang malah jatuh hati kepada Karen. (Liputan6.com/IG/karbearv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Orangtua Rela Tempuh 120 Km Demi Mencari Tabung Oksigen Anaknya

Posted: 13 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasih sayang orang tua kepada anak memang luar biasa. Banyak hal dapat mereka relakan demi keberlangsungan anak mereka. Begitu pun yang terlihat dari unggahan yang ramai diperbincangkan di media sosial Thailand.

Artikel tentang perjuangan orangtua dalam merawat anaknya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang sambutan positif warganet atas rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo.  

Sementara artikel ketiga terpopuler membahas tentang manfaat mengonsumsi 4 butir kacang almond setiap hari.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tempuh 129 Km, Perjuangan Orangtua Ganti Tabung Oksigen Anaknya

Sumber: Facebook Chirapat Pinkong

Akun Chirapat Pinkong baru-baru ini mengunggah sebuah foto yang menunjukkan keluarga yang menaiki sepeda motor. Bukan hanya menaiki sepeda motor, namun terdapat tabung oksigen di belakang motornya.

Dalam foto tersebut terlihat seorang pria tengah menyetir sepeda motor, sementara seorang wanita menggendong anak kecil, dan anak lainnya ada yang menggunakan selang oksigen.

Selengkapnya...

2. Jokowi dan Prabowo Bertemu, Warganet: Kami Bangga dengan Kalian

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo mengatakan masyarakat tidak boleh lagi berseteru sebab Pilpres sudah lewat. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu dengan lawan politiknya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto. Keduanya bertemu di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Pertemuan Jokowi dan Prabowo tersebut sontak menarik perhatian warga yang ada di stasiun MRT.

"We love you Pak Jokowi dan Pak Prabowo. We love you, we love you," teriakan histeris orang-orang di Stasiun MRT. 

Selengkapnya...

3. Makan 4 Almond Setiap Hari, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Kacang almond memilki kandungan magnesium tinggi yang bermanfaat untuk relaksasi otot tubuh. Makanan ini membuat rasa kantuk semakin cepat dengan cara mematikan siklus adrenalin dan meningkatkan rasa kantuk ketika mengonsumsinya. (huffingtonpost.com)

Almond merupakan salah satu makanan yang penuh protein, vitamin, dan serat. Mengonsumsinya secara rutin dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan seperti kanker, serangan jantung, obesitas, dan diabetes.

Almond memang memiliki kandungan kalori, jadi kamu tetap perlu memakannya dengan jumlah yang tepat. Cobalah makan empat almond per hari secara rutin. 

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Bantu Mencegah Munculnya Varises

Posted: 13 Jul 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Varises merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan pembuluh vena yang muncul di permukaan kulit pada bagian kaki. Namun tak menutup kemungkinan kalau varises bisa muncul di anggota tubuh lainnya. 

Varises disebabkan oleh pembengkakan atau pelebaran pembuluh vena yang disbebakan adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Umumnya varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau meninjol di kulit.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkakn laki-laki. Banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya varises di kulit. Beberapa faktor yang bisa menjadikan seseorang mendapatkan varises karena pertambahan usia, berat badan berlebih, keturunan, serta kebiasaan buruk yang mengganggu kerja pembuluh vena.

Nah, salah satu faktor umum penyebab munculnya varises adalah kebiasaan buruk yang kerap dianggap sepele. Sebelum hal ini terjadi, ada baiknya untuk mulai menghindarinya.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mengindari munculnya varises. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ini kebiasaan yang bisa mencegah munculnya varises, Minggu (14/7/2019).

Penyebab Munculnya Varises

Varises

Penyebab varises yang muncul pada kulit seseorang diakibatkan karena lemah atau rusaknya katup vena. Ya, rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah dan terjadi penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudia menyebabkan pembuluh vena menjadi melebar.

Pembuluh vena memiliki fungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Setelah mengetahui penyebab munculnya varises, maka mulai kini kamu bisa menghindari agar varises tidak muncul. Kamu bisa melakukan atau menerapkan beberapa kebiasaan yang bisa mencegah munculnya varises.

Jangan terlalu banyak makan garam

Ilustrasi makan sehat/copyright shutterstock

Kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya varises bermula dari memulai kebiasaan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Kerap dianggap sepele, ternyata salah satu kebiasaan makan dengan banyak mengonsumsi garam atau makanan yang mengandung sodium tidak baik.

Ya, ini merupakan salah satu penyebab utama munculnya varises di kulit. Ini dikarenakan garam atau makanan yang mengandung sodium menyebabkan tubuh menahan air. Jadi, dengan mengurangi makanan yang asin dan gurih bisa meminimalisasi situasi tersebut.

Untuk itu, kamu bisa menggantinya dengan zat kalium karena dapat membantu mengurangi retensi air di dalam tubuh seperti mengonsumsi kacang almond, kentang, ikan seperti tuna atau salmon, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Hindari Merokok

Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

Selain pola makan yang buruk, kebiasaan merokok juga bisa mengakibatkan munculnya varises. Hal ini dikarenakan adanya kandungan berbahaya yang ada di dalam rokok yang bisa membuat pembuluh darah menjadi kaku dan lebih sempit, sehingga tidak menjadi elastis lagi.

Oleh karena itu, penting untuk tidak merokok, untuk menghindari munculnya varises.

Hindari Duduk dan Berdiri Terlalu Lama

Duduk terlalu lama / Sumber: iStockphoto.com

Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan terlalu lama juga bisa menyebabkan varises. Hal ini bisa terjadi karena kedua posisi tersebut dapat mempersulit sirkulasi darah di kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat.

Kondisi inilah yang menyebabkan darah menggumpal, mulai dari pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal. Untuk itu, apabila memang kegiatan yang kamu kerjakan memaksakan untuk berdiri atau duduk lebih lama, kamu bisa menyempatkan untuk mengistirahatkan kaki sebentar. Kamu bisa meluruskannya atau sekadar menggerak-gerakkan kaki agar dapat memperlancar pembuluh darah.

Hindari Mengenakan Pakaian Ketat dan Sepatu yang Tinggi

Sepatu hak tinggi. (stylesightworldwide/instagram)

Kebiasaan lainnya yang bisa membuat munculnya varises adalah pemakaian baju ketat. Pakaian yang ketat bisa menghambat aliran darah di tubuh. Bila kamu memakai pakaian yang lebih longgar, maka sirkulasi darah kemungkinan akan lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh.

Tak hanya pemakaian baju yang ketat, penggunaan sepatu dengan hak tinggi juga dapat memberatkan tumit sehingga aliran darah menjadi terhambat. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, lebih baik kamu menggunakan alas kaki yang normal atau datar untuk memperlancar sirkulasi darah.

Olahraga Secara Rutin

Ilustrasi jalan kaki (iStock)

Kebiasaan yang sangat ampuh untuk mencegah munculnya varises adalah berolahraga dengan berjalan kaki. Selain itu, melakukan gerakan yoga juga bisa dilakukan untuk mencegah munculnya varises. Pose seperti headstand, shoulder stand, atau legs-up-the-wall bisa kamu praktikkan untuk mencegah munculnya varises.

Ya, gerakan-gerakan ini bisa membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot pada betis dan paha belakang. Otot inilah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena.

Nah, setelah melakukan olahraga kesukaan kamu, ada baiknya untuk meluruskan kaki. Selama berolahraga kamu kerap melakukan banyak pergerakan, jadi alangkah baiknya untuk tidak melipat kaki setelah berolahraga.

Kebiasaan melipat kaki setelah berolahraga bisa membuat sirkulasi pembuluh vena terganggu. Maka penting sekali untuk meluruskan kaki, untuk menjaga sirkulasi pembuluh darah vena tetap stabil. Bila ini dilakukan, maka risiko munculnya varises sangat kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proses Transfer ke Juventus, Matthijs de Ligt Tak Tampak di Tur Pramusim Ajax

Posted: 13 Jul 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Proses transfer kapten Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt, ke Juventus akan segera terealisasi. Pasalnya, De Ligt tak masuk dalam daftar pemain Ajax yang akan menjalani pramusim ke Austria.

Juventus telah mengajukan tawaran senilai total 65 juta euro (Rp 1 triliun) kepada Ajax untuk De Ligt. Nilai itu kabarnya masih berada di bawah permintaan harga Ajax, yakni 75 juta euro (Rp 1,1 triliun).

Namun melihat situasi terkini, negosiasi Ajax dan Juventus mulai menemui titik terang. Situasi yang dimaksud adalah tak adanya nama Matthijs De Ligt dalam daftar skuat Ajax untuk tur pramusim ke Bamberg, Austria.

Ajax memberikan keterangan singkat tentang absennya pemain berusia 19 tahun tersebut. "Menunggu kemungkinan transfer, Matthijs de Ligt tak ikut bergabung dengan grup."

Ajax akan memainkan dua uji coba selama di Austria, yakni melawan Istanbul Basaksehir pada 14 Juli dan kontra Watford pada 18 Juli. Matthijs de Ligt tak akan ambil bagian dalam laga-laga tersebut karena konon masih dalam proses .

Proyek Masa Depan Juventus

Matthijs de Ligt terus menunjukkan kematangan bermain bersama Ajax Amsterdam dan Barcelona harus bayar mahal untuk merekrutnyam(EMMANUEL DUNAND / AFP)

Andai proses transfer ini berjalan lancar, De Ligt bakal menjadi aset masa depan Juventus. Selain itu, dia juga akan ambik bagian dari ambisi besar Juve di Liga Champions musim depan.

I Bianconeri sudah melakukan banyak perubahan. Maurizio Sarri diangkat sebagai pelatih baru. Mereka juga telah merekrut beberapa pemain anyar pada musim panas ini, yaitu Adrien Rabiot, Aaron Ramsey, Gianluigi Buffon, Luca Pellegrini, dan Merih Demiral.

Matthijs De Ligt segera jadi rekrutan Juventus yang berikutnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iwobi: Emery Keluarkan Potensi Terbaikku di Arsenal

Posted: 13 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Winger Arsenal, Alex Iwobi, mengungkapkan bahwa Manajer Unai Emery adalah sosok yang sangat membantunya untuk tampil gemilang musim lalu bersama The Gunners.

Iwobi musim lalu jadi salah satu andalan Emery. Ia membela Arsenal dalam 51 pertandingan di semua kompetisi dengan sumbangan enam gol dan sembilan assist.

Statistik ini jauh meningkat dibanding musim-musim sebelumnya, dimana Iwobi lebih banyak jadi ban serep di bangku cadangan Arsenal.

"Emery lebih energik dan juga menuntut. Dia selalu berbicara dengan Anda dan berusaha membantu Anda. Saya pikir ini karena usianya, Emery jauh lebih muda. Saya pikir Arsene Wenger juga seperti itu ketika berada di usia yang sama," kata Iwobi di Soccerway.

"Keduanya ingin bermain sepak bola dan membantu saya untuk tumbuh dan bermain dengan lebih baik. Sebagai seorang pemain, saya berkembang lebih banyak dengan lebih banyak gol dan assist tahun ini, jadi saya berharap terus meningkat. Saya bisa mencetak gol dan membantu Arsenal lebih banyak di masa depan."

 

 

Banyak Nasihat

(AP/Frank Augstein)

Iwobi mengatakan, Emery banyak memberinya nasihat terutama dalam mengambil keputusan di lapangan.

"Emery banyak berbicara dengan saya untuk menjadi lebih tenang dalam menembak dan melepas umpan silang dan ini membantu saya di turnamen Piala Afrika untuk mencetak gol dan menciptakan lebih banyak peluang," Iwobi menambahkan.

Statistik Iwobi

Iwobi sendiri sudah membela Arsenal sejak 2015. Ia mencatatkan 149 penampilan di semua kompetisi dengan sumbangan 15 gol.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Insiden Pertengkaran di Panggung, Rai D'Masiv Sempat Mengumpat di Medsos

Posted: 13 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua personel D'Masiv, Rian dan Rai, tampaknya kini tengah bersitegang. Perselisihan antara anggota band sebenarnya bukan hal yang janggal, hanya saja keduanya memperlihatkan hal ini saat sedang manggung.

Saat tampil di Lapangan Rembiga, Lombok, Sabtu (13/7/2019) kemarin, kedua anggota D'Masiv ini tertangkap kamera penonton sedang bertengkar. Bahkan Rai sempat mendorong Rian dan turun panggung di tengah penampilan bandnya.

Video ini, menjadi viral setelah diunggah di akun Instagram Lambe Turah. 

Sebuah unggahan yang dikirimkan bassist D'Masiv di Instagram Story setelah insiden ini, semakin memunculkan tanda tanya.

Kata Umpatan

Rai D'Masiv (Instagram)

Tak banyak kata yang dituliskan Rai, tapi dari dua status yang diunggah tampak kekesalan di hatinya. Hanya saja, tak disebutkan kepada siapa umpatan ini ditujukan.

Status pertama berisi sebuah umpatan untuk megalomania, atau sebutan atas gangguan mental di mana seseorang merasa diri begitu hebat dan mulia. 

Tak hanya itu, status kedua juga memperlihatkan umpatan kasar dengan menyebutkan nama hewan.

(Instagram/ raidinata via Kapanlagi.com)

Dihapus

D'Masiv (Instagram/ Lambe_turah via Kapanlagi.com)

Namun, status tersebut kini telah dihapus. Unggahan terakhir Rai adalah Instagram Story berisi promosi penampilan D'Masiv di Lombok tersebut.

Liputan6.com sempat menghubungi Rian D'Masiv untuk dimintai klarifikasinya mengenai masalah ini, tapi belum ada respons.

(Kapanlagi.com/ phi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Manfaat Merasakan Jatuh Cinta

Posted: 13 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jatuh cinta memang berjuta rasanya. Saat itu, perasaan terasa penuh warna, berbunga-bunga, hingga kerap tersenyum mengingat sang pujaan hati. Secara sadar atau tidak, ada hal yang berubah dalam diri Anda.

Perubahan tidak hanya dari sikap tetapi juga fisk. Lantas, apa saja hal yang dirasakan ketika Anda jatuh cinta? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Dibanjiri Rasa Bahagia

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, menurut sebuah penelitian oleh Kinsey Institute ditemukan otak seseorang yang baru saja mengonsumsi kokain tampak sama dengan otak seseorang yang tengah jatuh cinta. Hal tersebut terjadi karena meningkatnya kadar hormon dopamin yang tinggi yang membuat seseorang jadi dibanjiri perasaan bahagia.

2. Lebih Kuat Menahan Rasa Sakit

Orang yang tengah jatuh cinta mempunyai toleransi yang lebih tinggi terhadap rasa sakit. Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian oleh Stanford University School of Medicine. Saat jatuh cinta, seseorang akan lebih kuat menahan rasa sakit.

3. Berani Mencoba Hal-Hal Baru

Ilustrasi pacaran (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Saat jatuh cinta, Anda akan lebih suka bereksperimen. Suka mencoba hal-hal baru yang selama ini belum pernah dilakukan. Menurut para pakar, jatuh cinta membuat Anda percaya diri dan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.

4. Jantung Berdetak Seirama dengan Orang yang Dicintai

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California, saat seseorang jatuh cinta, detak jantungnya akan seirama dengan detak jantung kekasihnya atau orang yang dicintainya.

5. Ingin Membahagiakan Hati yang Dicintainya

Anda akan selalu berusaha melakukan apapun sebisa Anda demi membahagiakan orang yang dicintai. Anda jadi kian peduli dan selalu memikirkan orang yang kita cinta tersebut. Kebahagiaannya menjadi kebahagiaan kita juga. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umumkan Kehamilan, Ini 7 Potret Mesra Kimberly Ryder dan Sang Suami

Posted: 13 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebritis Kimberly Ryder dan Edward Akbar rupanya tengah berbahagia. Pasalnya, pasangan yang menikah di tahun 2018 lalu ini baru saja mengumumkan kehamilan anak pertamanya. Hal ini pun terlihat dari unggahan foto pada akun Instagram @kimbrlyryder pada Sabtu (13/7/2019) kemarin. 

Dalam foto tersebut terlihat Kimberly Ryder bersama dengan sang suami tengah saling menatap dan tersenyum. Kimberly juga menuliskan keterangan di foto tersebut mengenai kabar kehamilan anak pertamanya.

"Okay aku bohong, aku bukan gendutanm tapi aku sedang hamil. #bismillah" tulis Kimberly pada unggahan foto di Instagram lengkap dengan sebuah emot bergambar bayi.

Bukan hanya Kimberly Ryder saja, tapi sang suami Edward Akbar juga mengunggah foto yang sama di akun Instagram pribadinya @edward_akbar. Tentu saja, kabar membahagiakan tersebut disambut haru oleh para sahabat dan juga fans. Tak sedikit seleb Tanah Air yang turut serta memberi ucapan selamat atas kehamilannya di kolom komentar akun Instagram Kimberly.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (14/7/2019) berikut ini beberapa potret mesra Kimberly Ryder dan Edward Akbar yang kerap terlihat di akun Instagram masing-masing.

1. Kimberly dan Edward pun terlihat sangat bahagia saat mengumumkan kabar kehamilan

Kimberly dan Edward (Sumber: Instagram/kimbrlyryder)

2. Keduanya juga sering menghabiskan waktu berlibur bersama

Kimberly dan Edward (Sumber: Instagram/edward_akbar)

3. Momen kemesraan keduanya juga bisa terlihat dari unggahan foto di akun Instagram masing-masing

Kimberly dan Edward (Sumber: Instagram/edward_akbar)

4. Bukan hanya terlihat mesra, tapi keduanya pun selalu terlihat kompak loh

Kimberly dan Edward (Sumber: Instagram/kimbrlyryder)

5. Kemesraan yang ditunjukan oleh Kimberly dan sang suami juga bikin netizen iri loh

Kimberly dan Edward (Sumber: Instagram/edward_akbar)

6. Tak sedikit netizen yang menganggap Kimberly dan Edward Akbar merupakan pasangan favorit juga loh

Kimberly dan Edward (Sumber: Instagram/edward_akbar)

7. Kabar kehamilan Kimberly dan Edward juga diungkapkan jelang anniversary pernikahan mereka

Kimberly dan Edward (Sumber: Instagram/kimbrlyryder)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arcandra: Hanya 3 dari 16 Blok Eksplorasi yang Bisa Hasilkan Migas

Posted: 13 Jul 2019 09:20 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan dari 16 blok eksplorasi hanya tiga blok yang berhasil ditemukan kandungan minyak dan gas (migas) atau tingkat kesuksesannya kurang dari 20 persen.

"Memakai kacamata statistik, dari 16 blok eksplorasi kalau itu berhasil berapa? Hanya tiga blok saja," ujar Arcandra dikutip dari Antara, Minggu (14/7/2019).

Arcandra mengatakan pemerintah terus berupaya mengejar defisit kebutuhan migas agar tidak mengandalkan pasokan dari luar negeri demi menciptakan kedaulatan energi.

Kebutuhan minyak Indonesia saat ini mencapai 1,4 juta barel per hari. Sementara produksi dari blok-blok yang sudah ada kurang dari 800 ribu barel per hari. Artinya, Indonesia harus mengimpor sebesar 600 ribu barel per hari.

Pemerintah, kata dia, terus berupaya meletakkan pondasi kedaulatan energi dengan penambahan eksplorasi migas. Meski hasil yang didapatkan membutuhkan waktu yang tidak singkat.

"Setelah ekplorasi kita discovery butuh berapa waktu? 5 sampai 10 tahun. Dan akan muncul oil-nya 15 sampai 20 tahun yang akan datang. Artinya pemerintah sekarang meletakkan pondasi untuk memulai kembali kegiatan eksplorasi yang akan dinikmati hasilnya oleh anak dan cucu kita," kata dia.

 

Meminimalkan Krisis Energi

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Meski terkesan lama, ia yakin upaya ini dapat meminimalisasi terjadinya krisis energi seperti yang dialami Amerika Serikat. Penyebabnya karena adanya gangguan pasokan dari Timur Tengah akibat pergolakan politik.

Apabila Indonesia mampu berdaulat secara energi, kata dia, maka krisis energi akibat adanya faktor eksternal dapat diatasi dan Indonesia tidak akan bergantung lagi pada pasokan dari luar.

"Jadi kita bicara bukan dari source energy-nya, tapi dari terganggunya rantai suplai. Kita bicara tentang kedaulatan energi," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Tak Diizinkan Terbang, Tur pramusim Manchester City ke China Terganggu

Posted: 13 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Rencana Manchester City melakukan perjalanan ke Shanghai, China, untuk menjalani rangkaian pramusim mengalami kendala. Pesawat jet carteran, The Aeronexus, yang akan membawa mereka ke Shanghai, dalam status grounded atau tak diizinkan terbang.

Staf Manchester City sempat menunggu beberapa lama di Manchester Airport karena hal itu. Kabarnya, The Aeronexus tak diizinkan terbang karena alasan "administrasi".

Staf Manchester City terlihat kebingunan dengan insiden ini, terutama saat hendak check in dengan barang-barang bawaan tim, yang jumlahnya tentu tak sedikit.

Skuat Manchester City semestinya terbang pada Sabtu malam waktu setempat (13/7/2019), namun kendala ini memaksa mereka baru berangkat pada Minggu (14/7/2019).

Hal ini juga membuat manajemen klub mengeluarkan pernyataan resmi.

"Karena masalah administrasi yang tidak terduga di luar kendali klub, yang sedang diselesaikan, sayangnya, kami akan memulai tur pramusim kami sedikit lebih lambat dari yang diharapkan."

"Kami akan berangkat besok dan menanti ambil bagian dalam Premier League Asia Trophy seperti yang sudah direncanakan," lanjut pernyataan resmi Manchester City, Sabtu (13/7/2019).

Minus Pemain Bintang

Penyerang Manchester City, Leroy Sane (kedua kanan) , berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Manchester United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Rabu (24/4). Laga Man United vs Man City berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk tim asuhan Josep Guardiola. (AP/Jon Super)

Manchester City akan menghadapi West Ham dalam Premier League Asia Trophy tersebut, Rabu (17/7/2019).

Jika menang atas West Ham, skuat asuhan Pep Guardiola ini akan berjumpa Newcastle atau Wolves di partai final turnamen itu.

Setelah itu City akan meladeni tantangan klub Hong Kong, Kitchee FC, tepatnya pada 24 Juli 2019.

Manchester City tidak diperkuat beberapa pemain bintang dalam lawatan pramusim ke Asia kali ini.

Sergio Aguero, Nicolas Otamendi, Gabriel Jesus, Fernandinho, dan Ederson absen karena baru menjalani Copa America bersama negara masing-masing, Riyadh Mahrez juga tak ambil bagian lantaran terlibat di Piala Afrika.

Satu lagi pemain yang tak ikut, adalah Fabian Delph. Ia absen setelah Manchester City menyepakati transfernya ke Everton senilai 8,5 juta paun.

Sumber: Mirror

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibayangi Peringatan Tsunami,1.300 Pesepeda Tetap Ikuti Gowes Nusantara Ternate

Posted: 13 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 1.300 pesepeda tetap antusias untuk mengikuti Gowes Nusantara yang berlangsung di lapangan Ngaralamo Salero, Ternate, Minggu (14/7/2019). Munculnya peringatan dini Tsunami karena gempa 7,1 SR di Maluku Utara dan Sulawesi Utara pekan lalu tak menyurutkan antusiasme warga.

Mengambil start di depan Kesultanan Ternate, Gowes Nusantara etape Gamalama itu dibuka secara resmi oleh Walikota Ternate H. Burhan Abdurahman yang didampingi oleh Asdep Olahraga Pendidikan DR. Alman Hudri.

Dalam sambutannya sebelum mengibaskan bendera start, Walikota Burhan Abdurahman sangat mengapresiasi animo warga masyarakat terhadap kegiatan yang digagas oleh Kemenpora itu.

"Atas nama warga masyarakat Ternate, dari lubuk hati yang paling dalam kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Menpora RI H. Iman Nahrawi beserta jajarannya yang telah kembali mempercayai Ternate sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gowes Nusantara untuk tahun ketiga secara beruntun," ucap Burhan seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

"Program ini selain mampu mendongkrak kesadaran warga untuk berolahraga dan bergerak apapun jenis olahraganya, ternyata mampu meningkatkan roda perekonomian serta destinasi wisata di Ternate ini," tambahnya.

Gowes Nusantara etape Gamalama ini menempuh jarak 15 Km, diikuti oleh segenap komponen masyarakat, komunitas, TNI dan Polri dengan mengambil rute start di depan kesultanan ternate menuju jalan Pemuda, jalan Patimura, jalan Yos Sudarso, jalan Kalumata Puncak dan kembali finish di depan keraton kesultanan Ternate.

 

Antusiasme Olahraga Tinggi

Gowes Nusantara menyambangi kota Ternate (dok: Kemenpora)

Sementara itu, asisten deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Alman Hudri yang didampingi oleh Kabag Humas Kemenpora Isa Anshari, berucap terima kasih kepada Pemda kota Ternate, TNI dan Polri khusunya warga kota Ternate yang berpatisipasi dalam menyukseskan kegiatan Gowes Nusantara 2019 ini.

"Melihat animo masyarakat untuk bergerak dan berolahraga meski seminggu sebelumnya terjadinya gempa tektonik, sehingga BMKG merilis status waspada tsunami untuk kota ini, namun tak mengurangi niat masyarakat untuk hidup sehat mendapatkan kebugaran dalam mengikuti gelaran Gowes Nusantara," ucap Alman.

"Hal ini membuktikan bahwa kota ternate punya semangat tinggi dalam kegiatan olahraga, bahkan perhatian Walikota terhadap kebugaran warga kota sangat tinggi. Bukan hal yang mustahil, Insha Allah kedepannya Kemenpora dapat bersinergi kembali melalui program-program keolahragaan lainnya," tambahnya.

Di tempat terpisah, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta juga mengapresiasi keinginan kuat masyarakat Ternate untuk berolahraga.

Menurut pria asal Kulon Progo itu, selain membuat badan sehat dan bugar, melalui Gowes Nusantara ini mampu menjalin hubungan silaturahim antar masyarakat yang bisa lebih mengeratkan hubungan sosial serta memberikan pesan persatuan dengan tema "Kita Semua Bersaudara".

"Pesan ini sengaja dipilih Kemenpora untuk menjaga persaudaraan masyarakat Indonesia yang mempunyai maksud meksipun kita berbeda golongan, kelompok agama, ras, suku namun kita tetap bersama. Tema itu, selaras dengan dinamika sekarang, mungkin masih banyak hal-hal yang menyangkut merapuhkan keutuhan kita, namun semua itu kita satukan lewat olahraga bersepeda," pungkasnya.

Tak hanya bersepeda, melalui Gowes Nusantara etape Gamalama ini juga diisi oleh jalan sehat, yang didahului oleh senam Ayo Olahraga bersama.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berihram dari Hotel, Jemaah Haji Madinah Mulai Berangkat ke Makkah

Posted: 13 Jul 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Makkah pada hari ini, Minggu (14/7/2019). Berdasarkan jadwal, rombongan pertama yang akan berangkat adalah jemaah kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB), sekitar pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Kemudian disusul jamaah haji kloter 1 dan 2 Embarkasi Batam (BTH). "Rencananya didorong pada pukul 14.00 WAS, jemaah dari kloter Surabaya I akan menempati hotel atau layanan akomodasi di Mekah wilayah Mah Basyin," jelas Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah, Akhmad Jauhari di Madinah.

Petugas di Daerah Kerja Madinah sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari kelengkapan dokumen jemaah haji, yang menjadi persyaratan mutlak keberangkatan. Pemeriksaan dokumen tersebut bekerjasama dengan Muassasah Adila.

Selain dokumen, hal yang dipersiapkan adalah transportasi. Pada penyediaan kendaraan, petugas haji Indonesia berkoordinasi dengan Naqobah Amali Sayaro, dan Muassasah Adila.

"Karena ada pembatasan jumlah tertentu pada jam-jam tertentu, koordinasi ini harus dilakukan sejak awal, sehingga jumlah jemaah yang akan kita dorong itu masih bisa tercover sesuai dengan batasan kuota yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi," jelas dia.

Persiapan lain, terkait bimbingan ibadah haji. PPIH telah menempatkan petugas konsultan bimbingan ibadah pada tiap sektor di Madinah. Konsultan ibadah melakukan kunjungan, bimbingan kepada jemaah perihal terkait yang harus mereka lakukan saat proses perjalanan dari Madinah ke Mekah.

Pada perjalanan ke Makkah, jemaah haji akan transit terlebih dulu di Bir Ali atau Masjid Dzul Hulaifa. Lokasi ini juga menjadi pos atau sektor petugas haji Indonesia.

"Ini adalah transit jemaah pada saat pergerakan dari Madinah ke Makkah, di mana akan diistirahatkan di Masjid Dzul Hulaifa untuk persiapan awal proses ibadah umrahnya. Nanti di Masjid Dzul Hulaifa jemaah mulai solat sunah, niat umrah, juga proses pengecekan terakhir apakah syarat-syarat terkait ibadah umrah sudah dipenuhi," ungkap dia.

Untuk hal ini, dengan melihat kondisi di Masjid Dzul Hulaifa yang terbatas, sehingga ditetapkan kebijakan proses persiapan kain ihram bagi jemaah dilakukan sejak dari hotel, sebelum berangkat menuju Dzul Hulaifa. Dengan demikian saat sampai Dzul Hulaifa, jemaah hanya tinggal melakukan salat sunah dan diberangkatkan ke Mekah.

"Jemaah diminta pakai baju ihram di hotel tidak ada masalah, ini sudah disosialisasikann saat bimbingan manasik di tanah air," dia menandaskan.

 

Jumlah Jemaah Haji di Madinah Capai 47.983 Orang dari 118 Kloter

Petugas haji Indonesia mengarahkan jemaah haji ke bus. Foto: Darmawan/MCH

Jemaah haji Indonesia terus berdatangan ke Madinah. Tepatnya, jumlah jemaah mencapai 47.983 orang, dari total 49.110 yang berangkat hingga Minggu (14/7/2019, pukul 06.27 Waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah tersebut berasal dari 118 kloter dari total 121 keberangkatan. Mereka berasal dari berbagai embarkasi di Indonesia. Seperti Batam, Surabaya,Jakarta, Palembang, Ujung Pandang, Solo, Medan dan lainnya. Jumlah petugas juga terus bertambah. Hingga kini telah mencapai 590 orang.

Ini merupakan data terbaru dari Siskohat Kementerian Agama. Dari data, tercatat, 4 jemaah telah menghembuskan nafas terakhirnya di Tanah Suci. Almarhum bernama, Sumiyatun bin Sawi, Khairil Abbas bin Salim, Mudjahid Damanhuri Mangun dan Artapiah Armin Musahab.

Pada tahun ini, Indonesia kebagian kuota haji sebesar 221 ribu, terdiri atas 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Kemudian ada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi sebesar 10 ribu jemaah.

Indonesia merupakan negara terbanyak mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci setiap tahunnya dibandingkan dengan negara lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti AS, Presiden Prancis Setujui Pembentukan Komando Pasukan Antariksa

Posted: 13 Jul 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Prancis - Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyetujui pembentukan Komando Pasukan Antariksa yang masuk dalam Angkatan Udara Prancis. Pembentukan pasukan angkasa itu untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Prancis.

Macron mengaku telah berbicara dengan personel militer Prancis terkait rencana pembentukan pasukan angkasa ini sehari sebelum parade Hari Bastille. Menurutnya, doktrin militer baru yang mengatur Komando Pasukan Antariksa akan memperkuat perlindungan satelit Perancis.

"Untuk memberikan substansi pada doktrin ini dan memastikan pengembangan dan penguatan kemampuan ruang angkasa kita, Komando Antariksa akan dibuat pada September tahun depan di dalam Angkatan Udara," kata Macron seperti dikutip dari france24.com, Minggu (13/7/2019).

Ia menambahkan, setelah terbentukanya pasukan antariksa nantinya Angkatan Udara Prancis akan berganti menjadi Angkatan Udara dan Angkasa. Meski begitu, investasi yang terlibat dalam pembentukan pasukan angkasa ini belum ditentukan.

 

Militerisasi Ruang Angkasa

Presiden Prancis Emmanuel Macron (AP/Phillipe Wojazer)

Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly menyatakan, sejak 2018 dirinya telah berkomitmen untuk memberikan strategi otonomi ruang angkasa Prancis dalam menghadapi ancaman yang berkembang dari kekuatan lain di tengah maraknya militerisasi ruang angkasa.

Untuk mewujudkannya, anggaran militer Prancis selama 2019-2025 telah mengalokasikan 3,6 miliar euro atau US$ 4,06 miliar untuk investasi dan pembaruan satelit Prancis.

Sebelumnya, North Atlantic Treaty Organization (NATO) bertujuan untuk mengakui ruang angkasa sebagai domain perang pada tahun ini.

AS Bentuk Pasukan Antariksa pada 2020

Donald Trump Membersihkan Ketombe di Bahu Presiden Emmanuel Macron (Brendan Smialowski / AFP)

Presiden Donald Trump pada Senin, 18 Juni memerintahkan pemerintah Amerika Serikat untuk membentuk pasukan antariksa.

Jika terwujud, hal itu kelak menjadikan Angkatan Bersenjata AS memiliki total enam cabang militer, bersama Angkatan Darat (US Army), Angkatan Laut (US Navy), Korps Marinir (US Marine Corps), Angkatan Udara (US Air Force), dan Penjaga Pantai (US Coast Guard).

Trump menyebut bahwa langkah tersebut ditujukan untuk membuat AS "mendominasi ruang angkasa". Demikian seperti dikutip dari ABC News, Selasa (19/6/2018).

"Tak cukup dengan hanya sekadar hadir di angkasa luar," kata Donald Trump dalam pidato di hadapan National Space Council Senin 18 Juni.

"Kita harus mendominasi antariksa. Dengan ini, saya memerintahkan Kementerian Pertahanan dan Pentagon untuk segera memulai proses yang diperlukan untuk mendirikan pasukan antariksa sebagai cabang militer keenam angkatan bersenjata AS

"Kita (sudah) memiliki Angkatan Udara dan kita akan memiliki pasukan antariksa. Terpisah tapi setara. Itu akan menjadi sesuatu," ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS (Joint Chiefs of Staff) Jenderal Joseph Dunford mengafirmasi dengan mengatakan, "kami mengerti."

Anggota Joint Chiefs of Staff lain yang anonim mengatakan kepada wartawan bahwa "antariksa adalah salah satu domain pertempuran" dalam doktrin militer, dan mengafirmasi bahwa para panglima akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk mewujudkan arahan Donald Trump.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Senangnya Anak-Anak Bermain Permainan Tradisional di CFD

Posted: 13 Jul 2019 09:04 PM PDT

Anak-anak bermain permainan tradisional gobak sodor ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini untuk mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional gobak sodor ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini untuk mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional egrang ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional egrang ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional egrang ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional egrang ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional hula hoop ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional hula hoop ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain permainan tradisional ditemani sejumlah mahasiswa dari Penggerak Olahraga saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Kegiatan yang rutin digelar ini bertujuan mengajak masyarakat DKI Jakarta aktif berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderful Indonesia Dipuji Dubes Tantowi di Pasific Exposition 2019

Posted: 13 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keseriusan Presiden Jokowi untuk meraup devisa lewat pariwisata langsung direspon Dubes RI untuk Selandia Baru, Tonga dan Samoa, Tantowi Yahya. Saat diminta waktu wawancara salah satu media besar nasional, Sabtu (13/7), Tantowi dengan spontan menggiring wawancara ke booth Wonderful Indonesia.

"Saya pinjam booth Wonderful Indonesia ya Bu Titik," ucap Dubes Tantowi kepada Kabid Area IV Regional IV Kemenpar Titik Lestari, Sabtu (13)7).

Lantas mengapa Dubes Tantowi samoai ngotot menggiring wawancara ke booth Wonderdul Indonesia?

"Alasan pertama, boothnya Indonesia Banget. Ada replika kapal Phinisi, penari-penarj dengan pakaian adat Indonesia, juga tulisan besar Indonesia berwarna merah," tutur Dubes Tantowi.

Yang kedua, mantan MC ternama Indonesia itu ingin mempromosikan pariwisata Indonesia. Dia ingin mengangkat brand Wonderful Indonesia di kawasan Asia Pasifik.

"Ide pak Menteri Pariwisata kemarin kan bagus banget. Menjadikan Pasific sebagai One Destination seperti ASEAN. Kalau ini jalan, pasti akan bagus sekali," ucapnya.

Potensinya? Bisa cukup besar. Maklum, ada 20 negara yang ikut hadir di Pasific Exposition 2019.

Adapun ke-20 negara itu adalah Australia, Cook Island, Federated States of Micronesia, Fiji, French Polynesia, Indonesia, Kiribati, Marshall Islands, Nauru, New Zealand, Niue, Palau, Papua New Guinea, Samoa, Solomon Islands, Timor Leste, Tuvalu, Vanuatu, New Caledonia.

"Indonesia adalah bagian dari Pasifik. Posisi Indonesia secara geografis menghadap ke laut Pasifik. Kita punya lima provinsi yang menghadap ke pasifik, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Timor Barat atau NTT," paparnya.

"Dan kebetulan, negara-negara di Pasifik memiliki planning yang sama, menjadikan sektor pariwisata sebagai tulang punggung ekonomi andalan negaranya," timpal Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Menpar Arief Yahya ikut semangat melihat starting awal yang langsung gigi lima dalam mempromosikan pariwisata Indonesia. Dia yakin, Wonderful Indonesia bakal lebih tajam menghujam di benak masyarakat Pasifik. "Inilah yang kami sebut Indonesia Incorporated, kompak di semua lini, untuk membangun pariwisata Indonesia," ungkap Menpar Arief Yahya.

komitmen CEO atau orang nomor satunya sudah solid, maka semua akan berjalan lebih kencang. Target 20 juta di tahun 2019 itu bukan lagi angan dan mimpi, tetapi benar-benar di depan mata. "Terima kasih Pak Dubes, Salam Wonderful Indonesia," ucapnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Perlu Risau, Pasien Hepatitis A Bisa Sembuh Sempurna

Posted: 13 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus hepatitis A yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur menjadi sorotan beberapa waktu lalu. Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono, asalkan dikelola dengan baik orang yang menderita hepatitis A bisa sembuh.

"Penderita hepatitis A bisa sembuh kembali sempurna bila dikelola dengan baik, yaitu orang harus istirahat, mengonsumi makanan yang cukup, makanan yang dikurangi lemaknya, tentunya karena itu akan memperberat fungsi hati, dan memastikan daya tahan tubuh meningkat bisa dengan vitamin dan menurunkan deman dengan obat pereda demam," kata Anung di Gedung Kemenkes Jakarta beberapa hari lalu.

"Tidak ada obat spesifik, hanya istirahat dan obat yang sudah ada," tutur Anung lagi.

Menilik kasus hepatitis A di Pacitan yang mencapai 1.110 kasus, ada beberapa penyebab virus tersebut ditularkan di sana.

"Kami melihat ada persoalan dengan sumber air bersih di sana, juga dengan kebiasaan masyarakat dalam mengolah makanan. Kemudian ada juga kebiasaan masyarakat mengkonsumsi makan tertentu saat bulan puasa yaitu cincau yang diolah dengan air tidak bersih," kata Anung seperti dikutip rilis Kementerian Kesehatan.

 

Jangan Jajan Sembarangan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Anung juga mengimbau kepada masyarakat terutama orangtua dan guru untuk memastikan anak-anak tidak jajajn sembarangan.

"Penularan hepatitis A melalui kotoran dan makanan. Kalau mengkonsumsi makan harus dipastikan makan bersih dan sehat," tuturnya.

Dia juga meminta kepada orang yang akan berkunjung ke daerah yang sedang marak kasus hepatitis A memiliki tubuh fit.

"Siapa pun boleh berkunjung ke sana (Pacitan dan Trenggalek) hanya untuk dipastikan kondisi tubuh harus fit," kata pria kelahiran Temanggung, Jawa Tengah ini.

Bila sepulang dari daerah terkena hepatits A merasa kurang sehat, Anung berpesan untuk segera periksakan diri ke dokter.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Griezmann Akan Bantu Barcelona Juara Liga Champions

Posted: 13 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Mantan Pelatih Real Sociedad, Martin Lasarte, mengaku yakin Antoine Griezmann takkan kesulitan adaptasi di Barcelona. Ia percaya pemain asal Prancis itu akan membantu Azulgrana juara Liga Champions.

Barcelona baru saja meresmikan transfer Griezmann. Mereka mendatangkan sang bomber dari Atletico Madrid dengan nilai 120 juta euro (Rp 1,8 triliun). Ia dikontrak sampai lima tahun ke depan.

Musim lalu, Barcelona sebenarnya juga nyaris mendapatkan tanda tangan Griezmann. Namun pemain 28 tahun itu ragu-ragu pindah dan akhirnya memilih bertahan di Atletico.

"Transfer Griezmann ke Barcelona, itu harusnya terjadi tahun lalu, jadi itu adalah sesuatu yang diketahui semua orang. Pendukung Barcelona marah musim lalu, tetapi saya pikir tinggal di Atletico adalah keputusan yang tepat baginya," kata Lasarte kepada Omnisport.

"Sekarang saya pikir ini saat yang tepat untuk pindah karena setelah Barcelona gagal musim lalu. Jadi saya pikir Griezmann dapat dengan mudah membantu mereka untuk bangkit, karena ia adalah pria yang bahagia dan sangat positif," Lasarte menambahkan.

 

 

Dampingi Messi dan Suarez

 (Lluis Gene/AFP)

Griezmann bakal mendampingi Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan. Musim lalu peran itu dipegang oleh Philippe Coutinho. Namun, performanya tak stabil.

"Saya pikir Griezmann akan cocok seperti cincin di jari setelah situasi yang dialami Barcelona musim lalu," ucap Laserte.

Statistik Griezmann

Griezmann sendiri sudah membela Atletico sejak 2014. Ia tampil dalam 257 pertandingan di semua kompetisi dan menyumbangkan 133 gol.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Siapkan Dua Smartphone Galaxy A Baru

Posted: 13 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah mengumumkan sedikitnya sembilan smartphone Galaxy A pada tahun ini. Menurut laporan baru, setidaknya masih ada dua varian lain yang akan segera diumumkan.

Dilansir GSM Arena, Minggu (14/7/2019), Samsung sedang menyiapkan dua varian baru Galaxy A, dan keduanya sudah mendapatkan sertifikasi dari Wi-Fi Alliance. Smartphone tersebut memiliki nomor model SM-A561F dan SM-A562N.

Keduanya diprediksi merupakan bagian dari keluarga seri Samsung Galaxy A50, tapi ada kemungkinan sebagai dua seri produk berbeda. Kedua smartphone ini sama-sama berbasis OS Android 9.0 Pie.

Sayangnya tidak ada keterangan tentang spesifikasi keduanya. Biasanya semakin dekat dengan waktu peluncuran, kian banyak bocoran yang beredar.

Selain kedua smartphone ini, Samsung dilaporkan juga memiliki satu lagi varian Galaxy A. Menurut laporan, smartphone tersebut memiliki nomor model SM-A507FN.

Spesifikasi Galaxy A50s Muncul di Geekbench

Suasana booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Smartphone dengan nomor model SM-A507FN diprediksi sebagai Galaxy A50s. Sejumlah spesifikasinya pun telah muncul di platform benchmark, Geekbench.

Berdasarkan keterangan di Geekbench, smartphone ini mencetak skor 1.685 dalam pengujian single-core, dan 5.446 multi-core.

Spesifikasi lainnya termasuk prosesor Exynos 9610, RAM 4GB, dan sistem operasi (OS) Android Pie. Smartphone ini merupakan bagian dari seri Galaxy A50, tapi akan memiliki kamera, ukuran layar, dan kapasitas baterai berbeda.

Sejauh ini, hanya informasi menarik itu yang diketahui dari Geekbench. Informasi tentang harga jualnya pun belum diketahui. Galaxy A0s diperkirakan akan hadir pada tahun ini.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal Dunia, Rudy Badil Ingin Naik Gunung Semeru

Posted: 13 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rudy Badil, pendiri grup Warkop DKI, telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Sabtu (13/7/2019).

Indro Warkop, salah satu personil Warkop DKI yang tersisa, ikut mengantarkan Rudy Badil ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Indro Warkop mengaku kehilangan sosok pria yang sangat berjsa dalam hidupnya. Apalagi sebelum meninggal dunia, Rudy Badil sempat mengutarakan kepadanya ingin mendaki Gunung Semeru di Malang, Jawa Timur.

"Terakhir saya ketemu di halal bihalal Mapala, Badil sempat bilang 'Ndro, gue mau ke Ranu Pane, Semeru, 50 tahun Soe Hok Gie, dia kan sahabatnya," ujar Indro Warkop usai pemakaman Rudy Badil.

 

 

 

 

 

Tak Menjawab

Rudy Badil

Saat itu, Indro Warkop yang diajak Rudy Badil untuk mendaki gunung tertinggi di pulau Jawa tidak langsung menjawab keinginan almarhum. Sebab ia tak tahu apakah bisa ikut berangkat ke Ranu Pane, Semeru.

"Keliahatannya saya enggak bisa nganter, tapi saya belum kasih jawaban," ujar Indro Warkop.

 

Seperti Ayah

Indro Warkop

Setelah pertemuan tersebut Indro Warkop jarang bertemu dengan Rudy Badil. Sampai akhirnya ia mendapat kabar orang yang telah membesarkan namanya meninggal dunia.

"Kalau nggak ada Warkop saya enggak punya kehidupan'. Dia buat saya bapak, kakak, mentor, semuanya," kata Indro Warkop.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kekuatan Budaya Dayak di Kelam Tourism Festival 2019

Posted: 13 Jul 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam Kelam Tourism Festival 2019 terdapat kekayaan seni budaya. Festival tersebut mengeksplorasi kekayaan budaya Dayak Kalimantan. Ada Pekan Gawai Dayak Sintang 2019 yang merupakan bagian dari Kelam Tourism Festival 2019. Wisatawan pun dapat mengunjungi berbagai Rumah Betang yang tersebar di Kabupaten Sintang dalam festival yang digelar 8-14 Juli 2019 itu.

"Kebesaran budaya Suku Dayak sudah tak terbantahkan. Sebagai suku terbesar di Pulau Kalimantan, keberadaannya mampu memberikan warna yang luar biasa. Ini yang kita tampilkan sebagai salah satu atraksi yang menarik bagi wisatawan di Kelam Tourism Festival 2019," Kepala Dinas Disporapar Kabupaten Sintang, Hendrika, Sabtu (13/7).

Suguhannya dikonsep dengan matang. Rangkaiannya pun padat. Dari mulai lombat sumpit, lomba menumbuk padi, lomba tari dayak, hingga lomba melukis perisai. Bukan itu saja, berbagai kerajinan khas dayak pun di pamerkan di Pekan Gawai Dayak tersebut. Nah buat yang mau lebih dalam, wisatawan dapat langsung mengunjungi Rumah Betang Ensaid Panjang.

Mengunjungi Rumah Betang sudah pasti memberikan sensasi yang luar biasa. Para wisatawan dapat merasakan langsung kehidupan sehari-hari masyarakat Suku Dayak. Dari mulai berkebun, berburu, hingga menenun.

Bagi Hendrika, rumah tradisional Suku Dayak ini memberikan sebuah aura yang membuat betah setiap tamu yang datang.

"Berkunjung ke Rumah Betang sensasinya berbeda. Kita diajak merasakan bagaimana menjadi masyarakat Dayak. Mandi di sungai, ikut ke ladang, ikut memasak, dan itu memberikan pengalaman yang mengasikkan. Dan semunya terbungkus manis indahnya alam Borneo," ujar kadis wanita itu.

Terpisah, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Adella Raung mengatakan, Kelam Tourism Festival jadi cara efektif memetakan potensi pariwisata Sintang. Apalagi Sintang sangat kaya dengan potensi budaya Suku Dayak yang kuat.

"Kalau kata Pak Menteri Arief Yahya bilang, budaya itu semakin dilestarikan semakin mensejahterakan. Karena budaya iti sangat disukai wisatawan, terutama wisatawan mancanegara," kata Adella.

Bagi Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono, Kelam Tourism Festival harus lebih digencarkan lagi media promosinya. Karena menurutnya, sebagus apapun event yang digelar tidaklah efektif jika tidak didukung dengan promosi yang baik.

"Targetnya harus membidik pangsa pasar yang lebih luas. Selain wisatawan mancanegara festival ini juga harus membidik wisatawan nusantara khususnya kaum milenial. Karena festival ini sangat pas dengan mereka. Dilain sisi mereka juga menjadi agen promosi yang baik bagi pariwisata Sintang. Kalau perlu didatangkan para influencer untuk memposting setiap kegiatan yang ada. Biar gaungnya makin wah lagi," kata Sapto.

Program ini pun mendapat apresiasi positif Menteri Pariwisata Arief Yahya. Festival ini makin mengangkat potensi tersembunyi pariwisata Indonesia. Sehingga nantinya dapat memberikan pilihan destinasi lebih luas lagi bagi para wisatawan.

"Indonesia itu bukan cuma Bali. Indonesia itu bukan cuma Jogja. Kekuatan alamnya sudah tak terbantahkan. Sedangkan kekuatan budayanya menjadi sebuah nilai tersendiri yang mengundang wisatawan datang. Contohnya kekayaan budaya Suku Dayak di Sintang ini," ujar Menpar Arief Yahya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gonzalo Higuain Ogah Tinggalkan Juventus, Moise Kean Bisa Jadi Korban

Posted: 13 Jul 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Gonzalo Higuain dikabarkan ogah untuk meninggalkan Juventus musim ini. Kengototan Higuain ini bisa berimbas kepada nasib striker muda Moise Kean.

Kondisi itu bisa mendorong Juventus melepas Moise Kean ke klub lain pada bursa transfer musim panas 2019.

Higuain menarik minat sejumlah klub setelah kembali ke Juventus. Terakhir, West Ham United berminat untuk memboyong Higuain.

Tetapi, tawaran tersebut ditolak Higuain. Ia optimistis kalau Maurizio Sarri bisa memberinya kesempatan untuk membela Juventus lagi.

Kondisi itu membuat Juventus kelebihan stok striker. Untuk menyeimbangkan skuat, Juventus berpeluang melepas Moise Kean.

Penyerang berusia 19 tahun sudah dikaitkan dengan Inter Milan. Namun, Juventus tak akan rela melepas Kean ke klub rivalnya.

Jika harus melepas Kean, Juventus hanya akan meminjamkan pemain tersebut atau menjual dengan klausul pembelian kembali. Cara itu merupakan alternatif untuk melindungi Kean yang memiliki talenta besar.

Lebih Baik Keluar Italia

Pemain Juventus, Moise Kean. (AP/Luca Bruno)

Juventus lebih tertarik untuk melepas Kean keluar Italia daripada melepasnya ke Inter Milan. Hal itu membuat Juventus menunggu tawaran yang tepat.

Sejauh ini, Everton dan Ajax menjadi klub yang berminat menampung Kean dari Juventus. Premier League akan menjadi pengalaman yang berarti bagi Kean, namun Juventus lebih berpeluang melepasnya ke Ajax.

Saat ini, Juventus sedang berusaha menembus Matthijs de Ligt dari Ajax. Kean bisa menjadi katalis agar transfer tersebut segera rampung.

Sumber: Football Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesehatan Hewan Naik ke Panggung Seni Pertunjukan

Posted: 13 Jul 2019 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga dari empat penyakit baru ditularkan dari hewan kepada manusia. Hal ini membuat Kementerian Pertanian, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) dan USAID mengadakan pertunjukan teater yang mengisahkan bagaimana kehidupan hewan dan manusia sesungguhnya saling terkait secara dinamis, ibarat "frenemies" – kawan tapi lawan.

Tiga lembaga ini ingin meningkatkan kesadaran publik tentang kemungkinan penularan penyakit dari hewan ke manusia. Hewan memainkan berbagai peran dalam kehidupan manusia sebagai peliharaan, sumber protein, dan pendukung kehidupan manusia dalam pertanian dan peternakan. Kelompok teater anak muda Indonesia, Teater Pandora beserta aktris Rachel Amanda ikut serta dalam kolaborasi ini.

"Penyakit hewan sering kali dilupakan sebagai sumber penyakit manusia. Kita membutuhkan kesadaran dan dukungan publik yang lebih besar untuk mengendalikan penyakit hewan agar tidak menginfeksi manusia serta mengganggu produksi pangan dari sektor peternakan," kata I Ketut Diarmita, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian dalam sambutan pembukaan yang dibacakan oleh Fadjar Sumping Tjatur Rasa, Direktur Kesehatan Hewan, Ditjen PKH (12/7).

Dalam mendukung agenda pemerintah meningkatkan kesadaran publik, Stephen Rudgard, Perwakilan FAO di Indonesia menyatakan, "Kami senang dapat mempersembahkan prestasi Kementerian Pertanian dan FAO untuk memperkuat ketahanan pangan dengan meningkatkan kesehatan hewan melalui panggung teater. Teater dapat mendidik sekaligus menghibur masyarakat."

Bertempat di AtAmerica, Pusat Kebudayaan Amerika di Jakarta, hampir 300 penonton umum disambut oleh Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Ms. Heather Variava. "Tahun ini menandai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia. Amerika Serikat, melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), bangga menjadi mitra pilihan dalam memperkuat kapasitas Indonesia mengendalikan dan mencegah penyakit sebagai bagian dari komitmen kedua negara terhadap Agenda Keamanan Kesehatan Global," kata Variava.

Selain itu, Rachel Amanda, aktris yang berkolaborasi dengan kelompok teater kaum muda, Teater Pandora mengungkapkan kegembiraannya untuk berkolaborasi dalam pertunjukan teater pertama yang diangkat dari proyek PBB di Indonesia.

"Kolaborasi ini mengasah kekuatan kreativitas kami sebagai seniman muda untuk mempromosikan kesadaran tentang masalah kesehatan yang memengaruhi kehidupan sehari-hari kita," kata Amanda yang berperan sebagai putri Pak Sun, seorang peternak yang berhasil bangkit dari wabah flu burung.

Pentas teater ini menceritakan ketiga anak Pak Sun yang memutuskan antara melanjutkan atau menutup peternakan ayahnya. Bagi mereka, peternakan sudah ketinggalan zaman dibandingkan dengan kehidupan perkotaan. Tetapi mereka takjub melihat bagaimana bantuan teknis dari program Emerging Pandemic Threats (EPT-2) kerjasama Kementerian Pertanian, FAO, dan USAID telah meningkatkan kesehatan hewan ternak secara signifikan, sehingga membuat bisnis pertanian lebih menguntungkan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dekan Pertanian UGM Dukung Pengembangan Pertanian Modern

Posted: 13 Jul 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Jamhari mendukung modernisasi di sektor pertanian yang saat ini sedang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Pertanian modern, menurutnya dapat menjadi kunci menarik minat anak muda untuk terjun ke sektor pertanian.

"Peluang di sektor pertanian itu masih sangat besar. Tapi persepsi di masyarakat itu bertani masih identik dengan pekerjaan kumuh. Padahal dengan pertanian modern, bertani bisa dilakukan tanpa perlu berkotor-kotoran," terang Jamhari di hadapan para siswa-siswi SMA se-Jabotabek, saat hadir sebagai pembicara kegiatan Agrivaganza, di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Sabtu (14/07).

Menurut Jamhari, ada peluang yang bisa ditangkap oleh para calon agropreneur muda. Karena produksi pangan saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan global.

"Sekarang berebut minyak, tapi nantinya manusia akan saling berebut pangan. Karena pangan tidak lagi dibutuhkan hanya untuk konsumsi, tapi juga untuk sandang dan juga sebagai energi terbarukan, seperti biofuel," sebut Jamhari.

Jamhari mendukung upaya Kementan dalam mendorong modernisasi pertanian demi menarik minat anak muda untuk terjun bertani. Apalagi, Kementan di bawah kepemimpinan Andi Amran Sulaiman telah menunjukkan keberpihakannya terhadap petani.

"Kebijakannya selama menjadi menteri sangat pro petani dan para pelaku usaha tani. Dari kebijakan yang membatasi ekspor, sampai berbagai upaya meningkatkan bantuan langsung ke pada petani berupa alat dan mesin pertanian serta perbaikan infrastuktur pertanian," tandas Jamhari.

Mengamini pernyataan Jamhari, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri menyebutkan Kementan selalu berupaya untuk membantu pengimplementasian pertanian modern. Pertanian modern dengan menggunakan teknologi era industri 4.0 nampaknya segera terealisasikan secara bertahap.

"Saat ini pertanian Indonesia dijalankan secara modern dengan perangkat mesin serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)," jelas Boga.

Agrivaganza pun diadakan Kementan sebagai upaya mendorong pengimplementasian pertanian modern. "Agri Vaganza adalah rangkaian acara tukar ilmu dengan konsep pengenalan pertanian modern," ungkap Boga.

Para peserta yang mayoritas merupakan generasi milenial tampak antusias mengikuti rangkaian acara hingga sesi diskusi. Salah satu yang sempat menarik perhatian pengunjung adalah Irsyan Rajamin, pencipta start up yang berhasil mengembangkan aplikasi detail terkait kondisi tanaman, nutrisi serat, kondisi lingkungan, udara, serta kelembaban tanah."Aplikasi ini kemudian kami kembangkan dalam Habibi Garden," katanya.

Di samping Irsan, pembicara lain yang sempat menarik perhatian adalah Astri Purnamasari, anak muda yang menjabat sebagai VP Corporate Services startup TaniHub.

TaniHub merupakan startup layanan aplikasi on-demand untuk pengiriman kebutuhan sayuran dari lahan pertanian ke rumah tangga.

Keberhasilan aplikasi ini juga bukan hanya terletak pada segmen business-to-consumer, melainkan juga pada platform investasi crowdlending lewat Tanifund.

"Melalui TaniHub, para petani lokal dapat menjual hasil panen mereka kepada para individu maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di berbagai wilayah. Kami bukan hanya sebuah platform e-commerce terkemuka untuk produk pertanian namun juga katalis untuk masa depan Agri-tech," ungkap Astri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Komentar Sedih Barbie Kumalasari Usai Galih Ginanjar Ditahan Atas Kasus 'Ikan Asin'

Posted: 13 Jul 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barbie Kumalasari tengah diliputi kesedihan. Hal itu dikarenakan suaminya, Galih Ginanjar resmi ditahan di sel tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan terhitung sejak Jumat (12/7/2019) siang.  

Galih Ginanjar tersandung kasus 'ikan asin', berkat perkataannya di chanel Youtube yang diunggah Pablo Benua dam Rey Utami. Ia dikenai pasal berlapis yakni Pasal 27 Ayat 1, Ayat 3 Jo Pasal 45 Ayat 1 UU ITE, Pasal 310, dan Pasal 311 KUHP. Ketiganya terancam hukuman 6 tahun penjara.

Mengetahui suaminya resmi ditahan, Barbie Kumalasari shock. Barbie Kumalasari tak kuasa membendung air matanya. Ia mengungkapkan banyak hal, termasuk penyesalannya soal kehadiran Galih Ginanjar menjadi bintang tamu di chanel Pablo Benua dan Rey Utami.

Selain itu Barbie juga mengabarkan kabar terkini Galih dan kondisi sel yang ditempati Galih. Komentar-komentar Barbie Kumalasari tentang ditahannya Galih telah Liputan6.com rangkum, Minggu (14/7/2019).

1. Penyesalan Barbie Kumalasari

Artis Barbie Kumalasari ditemani suaminya Galih Ginanjar berpose saat ditemui di kawasan Tandean, Jakarta, Selasa (4/9). Bagi Kumalasari, seseorang memiliki kebebasan untuk pergi dengan siapa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tidak ada kata lain selain kata menyesal yang keluar dari mulut Barbie ketika ditanya tentang kasus yang menjerat Galih Ginanjar. Barbie Kumalasari menyesal telah mengizinkan Galih menjadi bintang tamu di video konten 'Mulut Sampah' yang diunggah Pablo Benua dan Rey Utami.

"Sebenarnya seperti itu (menyesal), kalau tidak ada mereka (Rey Utami dan Pablo Benua) tidak gini jadinya," kata Barbie Kumalasari saat di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat 12 Juli 2019.

Barbie sudah memiliki keyakinan bahwa konten yang diunggah Pablo dan Rey pasti akan menimbulkan masalah. Namun Pablo dan Rey tidak menggubris dan percaya bahwa konten tersebut akan aman-aman saja.

"Dari awal aku sudah khawatir, cuma mereka bersikeras bilang tenang saja. Sekarang kenyataannya jadi begitu," pungkas pemeran Mbok Ijah di Sinetron Bidadari menanggapi penahanan Galih.

2. Sedih melihat kondisi sel tahanan Galih

Barbie Kumalasari (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

Setelah Galih Ginanjar ditetapkan sebagai tersangka Jumat (12/7/2019) lalu, Barbie selalu setia menemui suaminya di sel tahanan. Usai menemui Galih, Barbie pun menceritakan bagaimana kondisi sel Galih yang menurutnya kotor.

"Nah Galih tadi sempat di Blok B, ada berapa orang gitu. Tapi aku tadi tanya orangnya baik-baik enggak, ya alhamdulillah baik sih katanya cuma kotor kan," ujar Barbie Kumalasari, di Polda Metro Jaya setelah menemui Galih di sel tahanan.

3. Nafsu makan Galih menurun

Galih Ginanjar dalam Seragam Tahanan (Zulfa Ayu Sundari)

Diketahui Barbie Kumalasari menemui Galih Ginanjar di sel tahanan Polda Metro Jaya. Saat menemui Galih, Barbie juga membawakan sejumlah pakaian dan makanan kecil.

Menurut Barbie, beberapa hari terakhir, nafsu makan Galih berkurang. Barbie tidak ingin Galih makin drop, dan membawa snack agar bisa mengisi perut kosong Galih.

"Katanya tadi dia nggak nafsu makan, jadi aku bawain makanan kecil," ujar Barbie Kumalasari seperti Liputan6.com kutip dari Dream.co.id, Jumat (12/7/2019).

4. Kondisi kesehatan Galih drop

Galih Ginanjar harus mendekam di sel tahanan Polda Metro Jaya setelah terjerat kasus 'ikan asin'. Kini selama di sel tahanan Galih tidak nafsu makan. Barbie pun juga mengatakan bahwa Galih kondisi kesehatannya mulai ngedrop.

"Iya ngedrop, capek juga kan belum istirahat sampe sekarang. Mudah-mudahan nanti ada jalan yang terbaiklah," papar Barbie Kumalasari.

5. Barbie mohon doa

Galih Ginanjar dan Kumalasari [Foto: Instagram Kumalasari]

Setelah resmi jadi tersangka kasus 'ikan asin', Galih harus ditahan di sel tahanan Polda Metro Jaya. Melihat Galih sudah resmi tersangka, membuat Barbie Kumalasari dan keluarga Galih Ginanjar shock. Barbie pun mohon doa agar kasus yang menjerat suaminya tersebut cepat selesai.

"Yang pasti enggak menutup kemungkinan minggu depan (jenguk). Tadi juga sudah disampaikan kalau mamanya shock, kaget, makanya mohon doanya aja. Semoga masalahnya cepat selesai," ujar Barbie Kumalasari di Polda Metro Jaya, Jumat (12/7/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tengok Aksi Memanah Sri Mulyani saat Buka Dies Natalis PKN STAN

Posted: 13 Jul 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengikuti rangkaian acara Dies Natalies ke-4 Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) pada Minggu (14/7/2019) pagi. Adapun acara tersebut mengusung tema "Maknai Perbedaan Jalin Persatuan".

Dalam acara yang digelar di Kampus STAN, Tangerang Selatan ini, Sri Mulyani didampingi oleh sang suami, Tonny Sumartono.

Rangkaian acara dibuka dengan pelepasan ikan ke kolam depan kampus. Disusul aksi memanah yang dilakukan Sri Mulyani sebagai tanda dibukanya acara tersebut. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini butuh 3 kali proses memanah hingga akhirnya bidikannya menancap pada sasaran.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga berbincang-bincang dengan seluruh mahasiswa PKN STAN yang hadir. Dia berpesan kepada mereka selaku generasi muda untuk dapat benar-benar memaknai perannya sebagai penerus bangsa Indonesia.

Selain membawa nama baik negara di kancah internasional, juga harus menjaga persatuan di Indonesia di tengah keberagaman.

"Kamu harus meresapi hidup di Indonesia, harus memaknai perbedaan dan menjaga persatuan. Kita semua diciptakan oleh satu pencipta, meski kita diciptakan berbeda-beda, tapi kita satu manusia yang sama, yang berperikemanusian," kata Sri Mulyani.

 

Implementasi Pancasila

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengikuti rangkaian acara Dies Natalies ke-4 Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), Minggu (14/7/2019).

Dia melanjutkan, mahasiswa juga harus dapat mengimplementasikan pancasila dalam kehidupan sehari-harinya.

"Pancasila dibuat bukan hanya sekedar untuk dihapalkan, tapi itu pondasi negara kita. Tujuannya untuk keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Selain itu hadir juga pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) lainnya seperti Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata. Mereka semua menyempatkan diri berfhoto bersama di depan kolam ikan.

Usai berfhoto, Menkeu Sri Mulyani menyempatkan diri menari daerah bersama mahasiswa. Dilanjutkan dengan menikmati penampilan drama kolosal kabaret dari kisah Rama dan Shinta yang disuguhkan oleh para mahasiswa berbakat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tas Punggung Jadi Ciri Khas Jemaah Haji Karawang

Posted: 13 Jul 2019 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Karawang - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat membekali tas punggung kepada jemaah calon haji asal daerahnya yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah.

Dilansir Antara, Jemaah calon haji asal Karawang dibagi ke dalam enam kloter, yakni kloter 7, 23, 28, 75, 80, dan 87.

"Tas punggung ini akan menjadi ciri khas jemaah asal Karawang," kata Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang Matin Abdul Razak usai pelepasan calon haji di halaman Kantor Pemkab Karawang di Karawang, Sabtu (13/7/2019). 

Selain menjadi ciri khas, tas punggung tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan berbagai barang berharga dan botol minuman.

 

Anggaran Rp 1,4 Miliar

Jemaah Haji Indonesia di Terminal Haji di Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz di Madinah. Liputan6.com/Nurmayanti

Pemerintah Kabupaten Karawang telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,4 miliar untuk keperluan biaya pemberangkatan mereka ke Tanah Suci dan pemulangan ke Tanah Air.

Anggaran itu, kata Matin, sudah termasuk biaya sewa bus, fasilitas, serta keperluan pemberangkatan dan pemulangan jemaah asal Karawang.

Pada musim haji 2019, kuota calon haji berasal dari Kabupaten Karawang tercatat 2.185 orang. Akan tetapi mereka yang bisa berangkat ke Tanah Suci tercatat 2.177 orang, sedangkan sisanya yang delapan orang tidak bisa diberangkatkan karena memutuskan menunda keberangkatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Atletico Madrid, Klub Ini Turut Kecipratan Transfer Griezmann ke Barcelona

Posted: 13 Jul 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Real Sociedad turut kecipratan untung saat Antoine Griezmann resmi gabung dengan Barcelona. Seperti dilansir AS, Real Sociedad kebagian 24 juta euro (Rp 422 miliar) hasil dari penjualan Griezmann ke Barca.

Los Cules resmi meminang penyerang Timnas Prancis itu dari Atletico Madrid pada Jumat (12/7/2019). Manajemen Barcelona mengucurkan dana hingga 120 juta euro (Rp 1,8 triliun) untuk menggaet Antoine Griezmann.

Bersama El Barca, pemain 28 tahun tersebut sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima musim, atau sampai 30 Juni 2024. Dia juga memiliki klausul pelepasan yang mencapai 800 juta euro (Rp 12 triliun).

Dana 120 juta euro yang diterima Atletico, ternyata 20 persennya menjadi milik Real Sociedad. Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan ketika Los Rojiblancos membeli Griezmann dari La Real pada 28 Juli 2014.

Dalam klausul itu, Atletico Madrid akan menyerahkan 20 persen (24 juta euro) kepada Sociedad jika Antoine Griezmann dijual ke klub lain. Barcelona menjadi pelabuhan Griemann berikutnya.

Digugat Atletico Madrid

Nilai tersebut merupakan angka klausul pelepasan Antoine Griezmann bersama Atletico Madrid. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)

Nilai yang diterima Real Sociedad masih bisa naik lagi. Pasalnya, Atletico mempermasalahkan transfer si pemain ke Barcelona. Atletico Madrid menyebut jika Barca telah melakukan permainan terkait nilai klausul pelepasan Griezmann.

Seperti dilansir AS, klausul pelepasan yang terdapat di kontrak Antoine Griezmann yang mencapai 200 juta euro (Rp 3,1 triliun) bisa turun menjadi 120 juta euro pada 1 Juli 2019.

Namun, Atletico yakin kesepakatan antara Griezmann dan Barca telah tercapai pada 1 Maret 2019 atau sebelum 1 Juli. Oleh karena itu, Barcelona dianggap masih harus membayarkan 80 juta euro (Rp 1,2 triliun) lagi kepada Los Rojiblancos.

Jika tak segera diselesaikan, Atletico Madrid akan mengadukan Barcelona dan Antoine Griezmann ke FIFA.

Sumber: AS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tembak 3 Pelaku Curanmor yang Sering Beraksi di Surabaya

Posted: 13 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Polrestabes Surabaya kembali menindak pelaku kejahatan jalanan yang sering meresahkan masyarakat. Polisi menembag tiga pelaku curanmor asal Jember karena melawan petugas saat akan ditangkap.

Ketiga pelaku itu berinisial IE, SR dan SE. Pelaku ditangkap petugas di kawasan Dharmahusada, Surabaya. Akan tetapi, ketika ditangkap, mereka justru menyerang petugas dengan senjata tajam.

"Sehingga pihak kepolisian melakukan tindakan tegas terukur dengan menyarangkan timah panas di tubuh mereka," ujar Iptu Bima Sakti, Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, seperti dikutip dari laman suarasurabaya.net, Minggu (14/7/2019).

Ia menuturkan, ketiga pelaku ini menggunakan sarana mobil dengan menyasar tempat kos-kosan. Komplotan ini sering mengincar sepeda motor yang terparkir di halaman. Bahkan dari catatan kepolisian, komplotan ini sudah 10 kali melakukan aksinya.

"Dalam sekali aksi di tempat kos, mereka langsung mengambil tiga hingga empat motor," tutur dia.

Kepolisian akan menggelar konferensi pers mengenai kasus tersebut pada Minggu 14 Juli 2019 di Mapolrestabes Surabaya.

Polisi Tembak Begal di Surabaya

Ilustrasi Begal Motor

Sebelumnya, Unit kejahatan dan kekerasan (Jatanras) Polrestabes Surabaya menembak mati seorang begal di Lakarsantri, Surabaya pada Rabu siang,10 Juli 2019.

Pelaku ini dikenal sadis, dan bernama Zianul Fanani (32). Ia ditembak mati setelah melawan ketika akan ditangkap polisi.

Kapolrestabes Surabaya, Komisaris Besar Polisi, Sandi Nugroho menuturkan, Fanani adalah pelaku spesialis jambret yang telah beberapa kali menjambret di Surabaya.

"Pelaku punya kelompok. Mereka hunting di jalan. Tidak melihat apakah itu perempuan, tua atau muda, pokoknya langsung ditarik tasnya. Yang jelas kalau korbannya melawan dia tidak segan melukai dengan senjata tajam. Sekalipun korban yang ditarik itu terbentur aspal, dia tidak peduli," tutur Kombes Pol Sandi, seperti dikutip dari SuaraSurabaya.net.

Saat mengungkap kasus itu, polisi menemukan puluhan kartu ATM, tas, buku tabungan dan jam tangan hasil dari kehajatan pelaku selama ini.

Sebelumnya, polisi sempat melontarkan tembakan ke udara sebanyak dua kali. Akan tetapi, pelaku malah menyabetkan senjata tajam pada petugas.

"Sangat disayangkan, ketika ingin ditangkap, melawan petugas sehingga kami tindak tegas sebagai bukti, apa yang sudah disampaikan di awal, pelaku kejahatan di Surabaya untuk tidak melakukan kejahatan di kota Surabaya," ujar dia.

Kombes Pol Sandi menuturkan akan terus menindak tegas bagi para pelaku kejahatan yang beroperasi di Surabaya. Ia tak segan untuk menembak jika pelaku melawan saat ditangkap oleh petugas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancelotti: Transfer James Rodriguez Butuh Waktu yang Lama

Posted: 13 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Napoli - Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti, memprediksi proses transfer James Rodriguez bakal membutuhkan waktu yang lama. Sebab, Real Madrid tak mau melepas sang pemain dengan cuma-cuma.

James Rodriguez dalam dua musim terakhir dipinjamkan Madrid ke Bayern Munchen. Pada musim panas ini, ia akan kembali ke Santiago Bernabeu, karena masih terikat kontrak hingga 2021.

Namun, kembalinya Zinedine Zidane sebagai pelatih Madrid lagi membuat posisinya di Madrid diragukan. Pelatih asal Prancis itu kurang suka dengan gaya James.

Belakangan sang playmaker terus dihubungkan dengan Napoli yang dilatih Ancelotti. Nama terakhir pernah melatih sang gelandang di Santiago Bernabeu.

Ancelotti mengatakan, James Rodriguez adalah pemain serbabisa. Namun, untuk mendapatkan tanda tangannya, Napoli harus kerja keras.

 

 

Komentar Ancelotti

(AFP/Christof Stache)

"James dapat bermain di banyak posisi di belakang penyerang tengah. Dia nomor 10 yang biasa bermain di belakang striker atau sebagai pemain sayap, dengan kecenderungan untuk menusuk ke tengah," kata Ancelotti kepada TV Luna.

"Saya mengiriminya pesan selamat ulang tahun minggu ini. Jika transfer tidak berhasil, kami akan tetap menjadi tim yang kuat dan mungkin akan mengejar pemain yang berbeda. Yang jelas, transfer James membutuhkan waktu lama," Ancelotti menambahkan.

Statistik James

Musim lalu, sang gelandang membela Munchen dalam 28 pertandingan di semua kompetisi. Pemain asal Kolombia itu juga menyumbangkan tujuh gol dan enam assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota D'Masiv Bertengkar Saat Mentas, Dorong Badan sampai Turun Panggung

Posted: 13 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sabtu (13/7/2019) kemarin, D'Masiv manggung di Lapangan Rembiga, Lombok. Hanya saja, muncul kabar tak mengenakkan soal penampilan mereka kali ini, yakni pertengkaran dua personelnya. 

Dalam sebuah video yang diunggah akun gosip Lambe Turah, ditampilkan cuplikan penampilan panggung mereka di event tersebut. Di bagian belakang panggung terlihat tulisan D'Masiv, sementara pakaian personel band ini sama persis dengan yang diunggah Rian D'Masiv dalam Instagram Story-nya pada hari yang sama. 

  

Dalam rekaman singkat dari penonton yang diunggah oleh akun ini, tampak lagu sedang mengalun kala Rian dan Rai bicara. Rian yang awalnya berada di depan, mundur ke tengah panggung di sebelah Rai.

Posisi Rian kemudian digantikan oleh para gitaris D'Masiv yang beraksi dengan melodi mereka. Namun mereka tampak mengetahui bahwa ada sesuatu yang tidak beres terjadi antara Rian dan Rai.

 

Sempat Berbicara

D'Masiv (Instagram/ Lambe_turah via Kapanlagi.com)

Di tengah lagu yang mengalun, Rian dan Rai sempat berbicara. Dari rekaman singkat ini tampak bahwa mereka sedang mendiskusikan sesuatu. Namun tampaknya baik Rian maupun Rai tak menemukan titik temu. Keduanya kemudian memisahkan diri, saling menjauh selama beberapa saat.

Setelah ngobrol sesaat dengan Rai, Rian kembali melanjutkan aksinya. Ia bernyanyi dan melompat di atas panggung, namun wajahnya tampak gusar.

Setelah saling memisahkan diri, Rai kembali mendekati Rian. Ia tampak mengatakan sesuatu ke telinga sang vokalis, dan kemudian dibalas oleh Rian. Tetapi tampaknya pembicaraan mereka tak berlangsung dengan baik.

Entah apa yang dibahas oleh Rian dan Rai, namun sang vokalis berusaha merangkul sang bassist. Tetapi tampaknya apa yang mereka obrolkan kurang sukses.

Turun Panggung

D'Masiv (Bambang E. Ros/bintang.com)

Sedetik setelah Rian bicara di telinga Rai, bassist D'Masiv ini mendorong sang vokalis. Dengan kedua tangannya, Rai menjauhkan Rian dari tubuhnya dan ia pergi menjauh.

Setelah mendorong Rian, Rai langsung melepaskan gitar bass yang ia kenakan. Bass itu dihempaskan begitu saja di atas panggung dan Rai pergi menjauh.

Melihat kepergian Rai dari panggung, Rian hanya bisa diam dan personel D'Masiv yang lain pun tak bisa mencegah. Mereka tampak syok dengan kepergian Rai yang mendadak di tengah konser.

(Kapanlagi.com/phi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Jemaah Haji di Madinah Capai 47.983 Orang dari 118 Kloter

Posted: 13 Jul 2019 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Jemaah haji Indonesia terus berdatangan ke Madinah. Tepatnya, jumlah jemaah mencapai 47.983 orang, dari total 49.110 yang berangkat hingga Minggu (14/7/2019, pukul 06.27 Waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah tersebut berasal dari 118 kloter dari total 121 keberangkatan. Mereka berasal dari berbagai embarkasi di Indonesia. Seperti Batam, Surabaya,Jakarta, Palembang, Ujung Pandang, Solo, Medan dan lainnya. Jumlah petugas juga terus bertambah. Hingga kini telah mencapai 590 orang.

Ini merupakan data terbaru dari Siskohat Kementerian Agama. Dari data, tercatat, 4 jemaah telah menghembuskan nafas terakhirnya di Tanah Suci. Almarhum bernama, Sumiyatun bin Sawi, Khairil Abbas bin Salim, Mudjahid Damanhuri Mangun dan Artapiah Armin Musahab.

Pada tahun ini, Indonesia kebagian kuota haji sebesar 221 ribu, terdiri atas 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Kemudian ada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi sebesar 10 ribu jemaah.

Indonesia merupakan negara terbanyak mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci setiap tahunnya dibandingkan dengan negara lain.

Calon Haji Tertua Kloter 14 Asal Maluku Berusia 100 Tahun

Petugas Haji Indonesia 2019 membantu jemaah di Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz. Foto: Darmawan/MCH

Suryanto Sentono menjadi calon haji tertua asal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku yang masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 14 dan akan berangkat ke Makkah pada pekan depan. 

"Sedangkan usia termuda atas nama Akbar Tanjung Longi (21) asal Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), masuk Kloter 13," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Fessal Mussad selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji saat membacakan laporan pada acara pelepasan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail di Ambon, Sabtu (13/7/2019). 

Fessal mengatakan, calon haji yang akan berangkat menuju Tanah Suci melalui Embarkasi Makassar menurut jenis kelamin, laki-laki berjumlah 528 orang dan perempuan 731 orang. Mereka akan pergi bersama tim pemandu haji daerah (TPHD) yang berjumlah delapan orang.

"Jumlah seluruh calon haji asal Maluku yang dilepas Gubernur Maluku hari ini di lokasi Asrama Haji Desa Waiheru, Kota Ambon, sebanyak 1.272 orang dari 11 kabupaten dan kota. Rinciannya, Kota Ambon 365 orang, Kabupaten Maluku Tengah 189 orang, Kabupaten Maluku Tenggara 97 orang, Kota Tual 122 orang, Kabupaten Seram Bagian Barat 123 orang, Kabupaten Seram Bagian Timur 117," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Kemudian Kabupaten Buru 118 orang, Kabupaten Buru Selatan 48 orang, Kabupaten Aru 66 orang, Kabupaten Maluku Tenggara Barat 11 orang, Kabupaten Maluku Barat Daya lima orang, dan THPD sebanyak delapan orang.

Menurutnya, jemaah calon haji asal Maluku setelah acara pelepasan akan bersiap-siap untuk melakukan perjalanan pada tanggal 14 dan 15 Juli 2019 menuju Embarkasi Makassar dengan pesawat Garuda Indonesia.

"Sudah tidak ada masalah lagi bagi semua jemaah yang akan berangkat. Semua administrasi mulai dari kepemilikan paspor dan dokumen lainnya sudah lengkap semua," ujarnya.

Setelah berada di Embarkasi Makassar dan beristirahat sehari, maka para jemaah calon haji (JCH) pada tanggal 15 dan 16 Juli 2019 melakukan perjalanan ke Makkah dengan pesawat Garuda Indonesia. Mereka baru akan kembali ke Tanah Air pada tangga 26-27 Agustus 2019 menggunakan jasa penerbangan yang sama.

"Ke-1.272 calon haji yang tergabung dari 11 Kota dan Kabupaten di wilayah ini terbagi atas tiga kloter, yakni 12,13,dan 14," ujarnya.

Fessal Musaad menambahkan, penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019 ini pada JCH Maluku mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah sebesar Rp 1.654.000/orang. Bantuan tersebut diberikan sebagai biaya operasional selama di embarkasi, baik perjalanan pergi maupun pulang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Trombosit, Penyebab Turun, dan Makanan yang Bisa Meningkatkannya

Posted: 13 Jul 2019 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Trombosit atau keping sel darah merupakan salah satu pemeran utama dalam proses pembekuan darah. Bila kadar trombosit di dalam tubuh kamu tidak mencukupi atau turun, bisa dipastikan proses pembekuan darah akan sangat terganggu. 

Oleh karena itu, menurunnya trombosit bukan merupakan hal yang baik untuk tubuh karena trombosit merupakan salah satu komponen darah yang sangat penting.

Fungsi trombosit disini adalah untuk pembekuan darah dan membuat darah menjadi lengket sehingga bisa membentuk gumpalan saat terjadi pendarahan. Sehingga saat kamu terluka, darah tidak terus mengalir hingga mengakibatkan pendarahan hebat.

Trombosit bekerja mengerumuni daerah yang berdarah dan berusaha menghentikan alirannya. Maka dari itu, kamu sering melihat adanya goresan pada tampak luar dan memar di bagian dalam tubuh yang terluka. Nah, bila hal ini terjadi, tandanya trombosit sedang bekerja melakukan fungsi trombosit.

Masih ada beberapa fungsi trombosit lainnya untuk tubuh kamu. Berikut ini Liputan6.com, Minggu (14/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa fungsi trombosit lainnya disertai dengan penyebab trombosit turun dan makanan yang bisa meningkatkannya kembali.

Fungsi Trombosit di Dalam Tubuh

Trombosit / Sumber: iStockphoto

Mencegah Kehilangan Darah

Fungsi trombosit yang pertama adalah untuk menyumbat pembuluh darah yang rusak untuk mencegah kehilangan darah. Ya, dalam kondisi normal, trombosit bergerak melalui pembuluh darah dalam keadaan yang tidak aktif.

Pembekuan Darah

Fungsi trombosit yang kedua adalah sebagai sarana yang digunakan untuk melakukan pembekuan darah. Tidak jauh berbeda dengan fungsi leukosit, trombosit memiliki fungsi yang sama layaknya sel darah putih pada umumnya.

Melawan Virus

Fungsi trombosit lainnya adalah sebagai sarana untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh yang bisa mengakibatkan seseorang akan terjangkut suatu penyakit tertentu. Nah, kalau tubuh kamu kekurangan trombosit di dalam tubuh, bisa dipastikan tubuh kamu akan lemah dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Mempermudah Penyembuhan Luka

Fungsi trombosit lainnya adalah sebagai sarana yang digunakan oleh tubuh untuk mempermudah penyembuhan luka pada bagian tubuh. Jadi, apabila kamu sedang mengalami luka di bagian tubuh, trombosit akan berkumpul ke tempat luka tersebut kemudian memicu pembuluh darah untuk mengkerut atau yang berfungsi untuk menahan darah agar tidak banyak yang keluar.

Nah, trombosit ini akan membentuk benang-benang pembekuan darah yang disebut dengan benang-benang fibrin. Benag-benang fibrion inilah yang membentuk formasi seperti jarring-jaring yang akan menutupi daerah luka sehingga menghentikan pendarahan aktif yang terjadi pada luka.

Penyebab Trombosit Turun

Trombosit / Sumber: iStockphoto

Kondisi penurunan kadar trombosit atau biasa disebut dengan trombositopenia. Seseorang yang dinyatakan terkena trombositopenia jika jumlah trombositnya di bawah 150.000/microliter.

Sedangkan jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia adalah 150.000-450.000. Nah, apabila jumlahnya kurang dari itu, bisa terjadi pendarahan karena fungsi pembekuan darah terganggu.

Tak hanya deman berdarah saja yang menyebabkan trombosit menjadi menurun. Menurunnya trombosit ini bisa disebabkan karena pendarahan dan komplikasi lainnya. Trombosit berperan penting dslam proses pembekuan darah.

Berikut ada beberapa kondisi yang menyebabkan trombosit menjadi rendah:

1. Hamil. Perempuan yang sedang hamil biasanya memiliki kadar trombosit yang lebih rendah. Namun kondisi ini termasuk ringan dan tidak butuh terapi. Kondisi ini akan berangsur membaik setelah melahirkan.

2. Adanya infeksi yang parah dalam darah, hingga menyebabkan penghancuran trombosit. Dari sekian banyaknya bakteri, colia adalah yang paling sering menjadi sumber masalah terbsarnya. Bakteri ini biasanya diperloeh dari makanan mentah atau makanan yang tidak higienis.

3. Thrombotic thrombocytopenic purpura(TTP) merupakan penyakit yang tergolong langka ini terjadi ketika ada gumpalan darah kecil terbentuk di seluruh tubuh hingga menghabiskan banyak trombosit.

4. Paparan terhadap kemoterapi, radiasi, atau zat kimia beracun.

5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat dapat mengurangi jumlah trombosit karena menyebabkan penghancuran trombosit. Misalnya antibiotik yang mengandung sulfa dan antikonvulsan.

6. Terlalu banyak dan terlalu sering minum alkohol.

Kondisi menurunnya trombosit bisa memunculkan berbagai gejala seperti munculnya memar pada kulit, muncul ruam merah di kulit, gusi berdarah, mimisan, pendarahan abnormal saat menstruasi, pendarahan pada luka lebih lama berhenti, kelelahan, muntah darah, hingga buang air besar dan kecil mengandung darah.

Makanan yang Bisa meningkatkan Kadar Trombosit

Jambu biji / Sumber: iStockphoto

Untuk menangani trombosit turun harus disesuaikan dengan penyait penyebabnya. Namun, di samping menjalani pengobatan, kamu juga bisa menggunakan makanan penambah trombosit untuk meningkatkannya.

Untuk meningkatkannya, ada beberapa makanan yang cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang berpotensi mengalami penurunan trombosit. Berikut ini ada beberapa makanan penambah trombosit yang bisa kamu coba:

Jambu Biji

Jambu biji sudah sangat terkenal dengan khasiatnya yang bisa untuk menambah jumlah trombosit. Maka tak heran, kalau penderita demam berdarah disarankan untuk mengonsuumsi jambu biji sebagai makanan penambah trombosit.

Hal ini dikarenakan jambu biji mengandung trombinol yang dapat merangsang tombopoitein lebih aktif. Trombopoitein merupakan hormon yang mengatur produksi trombosit. Nah, untuk meningkatkan trombosit kamu bisa mengonsumsi jambu biji dengan langsung memakan buahnya atau di jus.

Bayam

Bayam juga menjadi salah satu makanan yang bisa kamu jadikan untuk meningkatkan trombosit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin K yang dimana dibutuhkan oleh tubuh untuk menaikkan trombosit.

Cara menaikkan trombosit dengan bayam adalah dengan merebus lima daun bayam dengan dua gelas air. Rebus hingga air menguap dan tinggal satu gelas. Kemudian minum air rebusan daun bayam tersebut. Konsumsi secara rutin setiap hari.

Kacang Merah

Kacang merah mengandung vitamin B9 atau asam folat yang juga dapat meningkatkan kadar trombosit. Tak hanya itu, kandungan vitamin B9 bisa kamu dapatkan pada bayam, asparagus, dan buah jeruk.

Bawang Putih

Makanan untuk menambah trombosit berikutnya adalah bawang putih. Ya, dengan menambahkan bawang putih ke dalam masakan tak hanya memberikan rasa sedap, melainkan juga turut menjaga kadar trombosit di dalam tubuh.

Daun Pepaya

Cara meningkatkan trombosit dengan makanan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun papaya. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun papaya. Meminum air rebusan daun papaya merupakan metode yang digunakan untuk membantu mengobati penyakit demam berdarah atau malaria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membaca Makna Wayang yang Jadi Latar Hangatnya Makan Siang Jokowi-Prabowo

Posted: 13 Jul 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan Jokowi dan Prabowo yang digadang sebagai momen rekonsiliasi pasca Pemilu Presiden 2019, tak surut dibahas. Cuitan seniman Sudjiwo Tedjo memantik perhatian warga net.

"Horeee! Ada aku dalam pertemuan Pak Jokowi - Pak Prabowo. Wayang no 2 dari kiri itu TEJO ...Lengkapnya Tejo Mantri alias Togog, kakaknya Semar ..heuheuheu," tulis sang seniman, sore kemarin, seperti dilihat Liputan6.com, Minggu (14/7/2019).

Pria yang karib disapa Presiden Jancukers ini melanjutkan, bahwa yang dimaksud adalah Big Bang dalam kisah pewayangan.

Alkisah, Tejo Mantri adalah salah satu dari tiga anak Sang Hyang Tunggal dan Rekathawati. Sebagai sulung, dia memiliki dua saudara, Ismaya atau Semar, dan Manikmaya atau Bathara Guru. Ketiganya lahir dari sebuah telur.

"Adalah telur yang pecah, kulitnya jadi Togog, putihnya jadi Semar, kuningnya jadi Bathara Guru," masiih kata Sudjiwo Tedjo dalam cuitannya.

Lalu apa hubungannya dengan pertemuan dua tokoh politik nasional ini dengan latar pewayangan?

Latar keduanya, seperti disinggung Sudjiwo saat santap siang tersebut sejajar persis dengan posisi duduk Jokowi dengan sosok Tejo Mantri atau Togog dan posisi Prabowo dengan Semar atau Ismaya. Keduanya hanya dipisahkan oleh Gunungan, dimana dalam filosofisnya mengartikan kehidupan.

Pada kisahnya, Tejo Mantri dan Ismaya, adalah saudara yang ketat persaingan. Keduanya ingin berlomba sebagai yang terhebat. Satu hari, mereka hendak menguji kesaktian, mengetahui siapa terpantas mengganti tahta sang ayah, sang penguasa Kahyangan Jongring Salaka.

Atas saran dari Manikmaya, adu kuat keduanya disepakati dengan menelan gunung dan memuntahkannya kembali. Gunung menurut filosofi tadi dianggap mewakili ilmu siapa yang paling hebat dalam kehidupan.

Tejo Mantri mendapat kesempatan pertama, namun sayang dia gagal menujukkan ajinya. Dia hanya mampu menelannya sebagian karena sisanya meletus dan membuat mulutnya sobek. Mulutnya pun menjadi besar dan melebar.

 

Tau Mau Gegabah

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Prabowo mengatakan masyarakat tidak boleh lagi berseteru sebab Pilpres sudah lewat. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ismaya tak mau gegabah, dia menelan gunung dengan cara sedikit demi sedikit. Celakanya, dia tak bisa berbuat banyak saat bongkahan gunung ditelannya tak bisa dimuntahkan kembali. Akibatnya, perutnya membesar dan giginya habis. Kondisi ini tak membuat rupanya kalah buruk dengan sang kakak.

Aksi ini membuat sang ayah murka, membuat tongkat tahta kuasa diteruskan kepada si bungsu Manikmaya. Kemudian pada Tejo Mantri dan Ismaya, mereka diutus oleh ayahanda turun ke bumi untuk menjaga kehidupan dan memelihara keturunan Manikmaya sebagai penduduk bumi.

Karena inilah, Sang Hyang Wenang mengganti nama mereka. Tejo Mantri menjadi Togog, Ismaya menjadi Semar, dan Manikmaya menjdi Bathara Guru.

Sebagai Togog, dia memiliki tugas untuk membimbing kelompok raksasa dan kurawa, identik dengan kejahatan dan ketidakadilan. Sedangkan Semar, tugasnya adalah menjadi pemomong kestaria dan pandawa, atau identik dengan baik, adil, dan bijaksana. Diceritakan, nantinya Semar akan memiliki tiga anak angkat, Gareng, Petruk, dan Bagong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, 9 Ilustrasi Makanan Khas Indonesia Versi Animasi Ini Keren Banget

Posted: 13 Jul 2019 08:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu terakhir beredar sebuah video animasi penyajian bubur ayam di media sosial. Video yang diunggah oleh akun Instagram @harousel tersebut pun menjadi viral dan banyak dibicarakan oleh netizen. 

Bahkan saat melihat sekilas animasi tersebut, bisa mengingatkanmu pada animasi Ghibli. Namun, ilustrasi animasi bubur ayam tersebut bukanlah produksi dari studio animasi Ghibli, melainkan dari seorang ilustrator asal Indonesia.

Alfeus Christie sebagai ilustrator dan pemilik akun Instagram @harousel pun tak menyangka jika karyanya bisa sampai viral di media sosial. Pasalnya, menurut pria kelahiaran Surakarta, Jawa Tengah ini pembuatan ilustrasi animasi tersebut berawal dari project iseng semata.

Pria yang kini berprofesi sebagai 2D Game Artist di sebuah perusahaan di Malaysia ini mengaku jika awalnya ia hanya ingin mencoba membuat ilustrasi makanan.

"hmm awalnya itu saya nyoba latian bikin ilustrasi makanan karena belum pernah buat sama sekali, dan saya lihat juga kayaknya jarang illustrasi yang mengangkat tema makanan indonesia. Jadi dari situ saya coba buat satu per satu, dan ternyata banyak yang suka. Akhirnya keterusan," ujar Alfeus kepada Liputan6.com saat dihubungi via WhatsApp pada Jumat (12/7/2019) kemarin.

Membuat sebuah karya ilustrasi bertema makanan khas Indonesia tersebut pun tak mudah. Alfeus mengaku jika ia membutuhkan waktu 3 hingga 5 hari untuk membuat sebuah gambar ilustrasi.

Sedangkan untuk video animasi ia membutuhkan waktu pengerjaan kurang lebih 2 hingga 3 bulan. Hal ini dikarenakan, Alfeus baru mulai membuat ilustrasi tersebut selepas kerja.

Beberapa ilutrasi yang diunggah di akun Instagram @harousel sendiri terlihat begitu menggiurkan. Bukan hanya tampak nyata, akan tetapi ia pun sangat detail saat membuat ilustrasi makanan khas Indonesia.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @harousel, berikut ini beberapa karya ilustrasi animasi makanan khas Indonesia yang dibuat oleh Alfeus, Minggu (14/7/2019).

Penyajian yang komplit

2. Ilustrasi sayur asem ini pun tampak menggiurkan, lengkap dengan tahu, tempe, ayam serta sambal nih

Ilustrasi makanan khas Indonesia (Sumber: Instagram/harousel)

3. Menurut Alfeus, membuat ilustrasi Indomie ini yang cukup sulit loh karena harus sangat detail

Ilustrasi makanan khas Indonesia (Sumber: Instagram/harousel)

Mirip animasi Jepang

4. Nasi tumpeng ini juga dibuat dengan detail, tak sedikit pula netizen yang menganggap jika animasi ini buatan ilustrator Jepang

Ilustrasi makanan khas Indonesia (Sumber: Instagram/harousel)

5. Alfeus pun tak menampik jika karya-karyanya memang memiliki style Jepang

Ilustrasi makanan khas Indonesia (Sumber: Instagram/harousel)

Ada keterangan tentang sajian makanan

6. Bukan hanya dibuat dengan detail, tapi pada setiap unggahan ilustrasi di Instagram Alfeus juga menambahkan keterangan mengenai makanan tersebut

Ilustrasi makanan khas Indonesia (Sumber: Instagram/harousel)

7. Meski berawal dari keisengan semata, namun hasil yang ditampilkan merupakan bentuk profesional

Ilustrasi makanan khas Indonesia (Sumber: Instagram/harousel)

Tak ada yang menolak sajian dalam ilustrasi ini

8. Sate lengkap dengan irisan tomat, bawang serta jeruk ini juga sangat menggiurkan

Ilustrasi makanan khas Indonesia (Sumber: Instagram/harousel)

9. Meski hanya sebuah ilustrasi animasi, namun tak sedikit netizen yang tergiur lezatnya ilustrasi makanan khas Indonesia tersebut

Ilustrasi makanan khas Indonesia (Sumber: Instagram/harousel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Awet, Begini Tips Merawat Suspensi yang Benar

Posted: 13 Jul 2019 08:10 PM PDT

  • Salah satu komponen yang mendukung kestabilan dan kenyamanan berkendara, adalah suspensi. Dengan begitu, pemilik wajib melakukan perawatan berkala terkait kaki-kaki mobil tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Dijelaskan Suparna, Kepala Bengkel Auto2000, usahakan setiap melakukan perawatan di bengkel, selalu cek suspensi. 

Perawatan suspensi bisa dimulai dari shockabsorber. Komponen yang berfungsi sebagai peredam guncangan ini terbuat dari bahan baja agar memiliki daya tahan yang cukup lama.

"Meski begitu, umur shockabsorber tetap terbatas, dan suatu saat dapat mengalami keausan. Terutama pada bagian seal yang terbuat dari bahan karet," ucap Suparna.

Shockabsorber atau bahasa awamnya shockbreaker, dalam sistem suspensi membantu pegas dalam meredam getaran. Semakin sering shockbreaker terkena guncangan dengan beban berlebihan, daya tahannya pun akan semakin berkurang.

Bodi Melayang

Akibatnya, shockbreaker mobil menjadi lemah yang mengakibatkan bodi kendaraan terasa melayang saat melaju.

"Cara merawatnya juga bisa dengan tidak membebani kendaraan dengan muatan yang berlebihan. Sebab, dalam jangka waktu tertentu komponen yang ada di suspensi bisa tidak berfungi secara sempurna," ungkap dia. Umurnya jadi lebih pendek.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib di Barcelona Tidak Jelas, Agen Coutinho Murka

Posted: 13 Jul 2019 08:10 PM PDT

Barcelona- Agen dari Philippe Coutinho, Kia Joorabchian sangat marah dengan spekulasi transfer kliennya yang terus dikaitkan dengan kemungkinan tinggalkan Barcelona. Joorabchian akan menanyakan langsung kepada Barcelona terkait masa depan Coutinho setelah kedatangan Antoine Griezmann.

"Saya telah diberitahu, kalau Barcelona tak pernah berniat menjual Philippe Coutinho. Barcelona tak akan menawarkan Coutinho ke klub lain. Rumor yang beredar itu tidak benar," ujar Joorabchian.

"Saya tak akan membiarkan orang-orang menyudutkan Coutinho. Ia tak pernah mengeluarkan pendapat negatif selama satu setengah tahun membela Barcelona."

"Pihak klub telah mengatakan kalau Coutinho akan dipertahankan. Saya akan menunggu realisasi dari hal tersebut."

"Saya sebagai perwakilan dari Coutinho, tidak pernah menjalin kontak dengan klub yang diisukan. Barcelona harus membuat kondisi kembali tenang," ungkap Joorabchian.

Masa depan Philippe Coutinho kembali menjadi spekulasi setelah Griezmann resmi bergabung. Hal itu dikarenakan Barcelona akan menyerahkan nomor punggun 7 kepada Griezmann. Nomor tersebut merupakan nomor punggung yang digunakan Coutinho pada musim 2018-19.

Liverpool dan PSG Berminat

Pemain Barcelona, Philippe Coutinho. (AFP/Gabriel Bouys)

Spekulasi mengenai masa depan Coutinho di Barcelona membuat Liverpool dan PSG mengambil ancang-ancang. Dua klub tersebut membuka peluang untuk mengamankan Coutinho.

Liverpool yakin kalau Barcelona berada dalam tekanan untuk menjual Coutinho. Hal itu dimaksudkan untuk menyeimbangkan neraca keuangan klub setelah mendatangkan Griezmann.

Liverpool bersedia mengeluarkan dana 70 juta euro jika Barcelona mau melepas Coutinho ke klub tersebut.

Sumber: Metro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi Lepasliarkan 173 Ribu Benih Lobster di Bali

Posted: 13 Jul 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konsisten hentikan penyelundupan benih lobster ilegal yang kian marak, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan pelepasliaran 173.800 benih lobster di Bali Sabtu kemarin. Pelepasliaran dilakukan di dua titik lokasi yaitu perairan Pulau Nusa Penida dan kawasan Nusa Dua, Bali.

Benih lobster tersebut merupakan hasil tangkapan ilegal yang berhasil diamankan oleh Ditkrimsus Tipidter Polda Lampung dan Balai KIPM Lampung melalui penggerebekan sebuah rumah di Teluk Betung Utara, Bandar Lampung pada Kamis 11 Juli.

"Penggrebekan berawal dari informasi masyarakat atas kecurigaan adanya rumah yang dijadikan tempat penampungan benih lobster. Selanjutnya, petugas melakukan pemeriksaan dan benar ditemukan adanya benih lobster di rumah itu," ujar Kepala BKIPM Rina dikurip dari keterangan tertulis, Minggu (14/7/2019).

Dalam penggerebekan ini, ditemukan 306.650 ekor benih lobster setara dengan Rp 47,35 miliar yang berhasil diselamatkan.

Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 56 Tahun 2016 tentang Penangkapan dan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan, lobster yang undersized dan bertelur tidak boleh diambil dari perairan Indonesia. Menteri Susi menegaskan agar benih lobster tidak lagi ditangkap karena akan mengancam keberlanjutan lobster.

Hal ini dikarenakan lobster belum bisa dibudidayakan di laboratorium secara in house. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa penjualan benih lobster merugikan karena nilai jualnya terlampau kecil jika dibandingkan dengan nilai jual lobster dewasa.

"Benih lobster diambil dan dijual dengan harga Rp 3.000, Rp 10 ribu, Rp 30 ribu per ekornya. Padahal, harga satu ekor lobster kan sama dengan harga 30, 40, 50 kg ikan," jelasnya.

 

Dipanen Saat Dewasa

Menteri KKP Susi Pudjiastuti melepas benih lobster di Banyuwangi. Dok: Humas Kementerian KKP

Sejalan dengan hal itu, Menteri Susi berharap agar benih lobster yang telah dilepasliarkan dibiarkan tumbuh di alam dan dipanen oleh nelayan saat sudah dewasa. "Mudah-mudahan bisa tumbuh besar, diambil, dipanen oleh nelayan. Tapi bukan bibitnya. Kalo bibitnya ya nanti habis lama-lama," pesannya.

Menteri Susi menjelaskan, penyelundupan benih lobster sebenarnya bukan fenomena yang baru. Hanya saja, selama ini praktik ilegal tersebut kurang mendapatkan perhatian sehingga menjadi praktik business as usual. Oleh sebab itu, ia pun menaruh perhatian khusus dan menindak tegas para pelaku penyelundupan benih lobster. Terbukti, hasilnya pun sudah mulai terlihat saat ini.

"Dulu tidak ada yang tangkap (red: pelaku penyelundupan benih lobster). Dari tahun 1995, benih lobster sudah mulai diambil di Lombok, sekarang ke mana-mana. Ya kita mulai larang dan keliatan, ekspor lobster dari Vietnam turunnya jauh sekali sedangkan ekspor lobster kita mulai naik," jelasnya.

"Saya berharap semua sadar untuk tidak mengambil bibit-bibit lobster lagi," tandas Susi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pejabat HAM Minta Migran yang Ditahan di Libya Dibebaskan

Posted: 13 Jul 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, New York - Dua pejabat senior HAM di PBB mengatakan, pihaknya menyerukan 5.600 pengungsi dan migran di pusat-pusat penahanan Libya dibebaskan dan perlindungan terhadap mereka dijamin.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi dan Direktur Organisasi Internasional untuk Migrasi, Antonio Vitorino mengeluarkan pernyataan bersama, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (14/7/2019)

Mereka mengatakan, jika Libya tidak bisa menjamin keamanan para migran, mereka perlu dievakuasi ke negara lain "di mana percepatan proses pemukiman diperlukan."

Kedua pejabat itu menggambarkan Libya sebagai tempat bagi para pengungsi, di mana "penderitaan dan risiko pelanggaran hak asasi manusia terus berlanjut. Proses pembebasan yang dikelola dengan aman dengan informasi tepat tentang bantuan yang tersedia, sangat penting untuk semua."

Grandi dan Vitorino juga mengatakan, para migran yang dijemput di Laut Tengah tidak boleh dikirim kembali ke Libya, karena negara itu tidak bisa dianggap sebagai tempat kembali yang aman.

Mereka menunjuk serangan udara pekan lalu di sebuah pusat penahanan di dekat Tripoli, menewaskan lebih dari 50, sebagai salah satu dari bahaya yang dihadapi para pengungsi yang kembali ke Libya.

Mereka menyerukan negara-negara Uni Eropa untuk melanjutkan operasi pencarian dan penyelamatan migran di perairan berbahaya dan mengatakan,semua negara anggota Uni Eropa harus berbagi tanggung jawab soal migran ini.

PBB Serukan Gencatan Senjata di Libya Setelah Korban Tewas Meningkat

Suasana saat pengungsi dan imigran diselamatkan LSM Proactiva Open Arms Spanyol di utara pantai Libya, Minggu (6/5). (AP Photo/Felipe Dana)

Dewan Keamanan PBB menyerukan gencatan senjata di Libya, karena jumlah korban tewas akibat serangan selama tiga bulan di Tripoli mencapai 1.000. Jumlah tersebut termasuk korban tewas akibat serangan udara yang menghantam sebuah pusat penahanan migran.

PBB mengutuk serangan Selasa malam (2/7) di kamp penahanan Tajoura di timur Tripoli dan "menekankan perlunya semua pihak untuk segera meredakan situasi dan berjanji untuk melakukan gencatan senjata," menurut sebuah pernyataan gabungan.

Komandan Libya, Khalifa Haftar yang pasukannya menguasai Libya timur dan sebagian besar bagian selatan negara itu, melancarkan serangan awal April untuk merebut ibukota Tripoli dari pasukan yang setia kepada Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui PBB.

Serangan udara dan pertempuran darat menyebabkan sekitar 1.000 orang tewas dan 5.000 lainnya cedera, kata organisasi kesehatan PBB, WHO.

Pertempuran itu menyebabkan lebih dari 100.000 orang terpaksa mengungsi dan memperparah konflik di Libya.

Korban tewas dalam serangan udara Selasa malam tersebut termasuk 53 migran sebuah pusat penahanan migran di pinggiran Tripoli, Tajoura, yang dikuasai oleh GNA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Bungkam Menolak Pengesahan RUU PKS

Posted: 13 Jul 2019 08:02 PM PDT

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan menggelar aksi menolak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) saat CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). RUU PKS dianggap masih bermakna rancu terkait budaya, agama, dan norma sosial di masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan menggelar aksi menolak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) saat CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). RUU PKS dianggap masih bermakna rancu terkait budaya, agama, dan norma sosial di masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan membawa spanduk berisi penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Mereka menolak rencana pengesahan RUU PKS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan membawa spanduk berisi penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Mereka menolak rencana pengesahan RUU PKS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan membawa spanduk berisi penolakan terhadap RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). RUU PKS dianggap masih bermakna rancu terkait budaya, agama, dan norma sosial di masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan membawa spanduk berisi penolakan terhadap RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). RUU PKS dianggap masih bermakna rancu terkait budaya, agama, dan norma sosial di masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan melakukan aksi bungkam menolak Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Mereka menolak rencana pengesahan RUU PKS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan melakukan aksi bungkam menolak Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). Mereka menolak rencana pengesahan RUU PKS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan melakukan aksi bungkam menolak Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) saat CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). RUU PKS dianggap masih bermakna rancu terkait budaya, agama, dan norma sosial di masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Aliansi Gerakan Peduli Perempuan melakukan aksi bungkam menolak Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) saat CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/7/2019). RUU PKS dianggap masih bermakna rancu terkait budaya, agama, dan norma sosial di masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Tahu Bulat, dari Berjaya Hingga Mulai Tak Terdengar

Posted: 13 Jul 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - "Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, gurih-gurih nyoi."  Jingle yang terdengar dari penjual tahu bulat yang berkeliling menggunkan bak terbuka tentu tak asing lagi di telinga.

Lagu dan tahu bulat memang sempat menjadi tren. Namun, belakangan perkembangan penjualan tahu bulat mengalami penurunan drastis. Penurunan tersebut diungkapkan Nurdin, penjual tahu bulat yang tinggal di Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

"Kondisinya sudah berbeda dengan sekarang. Ya, mengalami penurunan dari segi penjualan," ungkap Nurdin kepada Liputan6.com saat berkeliling di Jalan Haji Naim, Karangmulya, Karang Tengah, Tangerang, baru-baru ini.

Bersama seorang temannya, Nurdin menjajakan tahu bulat mulai dari kawasan Meruya Utara, Karangmulya, hingga ke Parung Jaya di Tangerang. Nurdin yang mengemudikan mobil bak terbukanya, sedangkan temannya bertugas menggoreng tahu bulat.

"Saya dagang sekitar 5 tahunan. Awal-awal dagang rame banget, tapi sekarang sudah berkurang. Penghasilan saya sehari Rp500 ribu, tapi sekarang paling Rp200 ribu," ungkap Nurdin yang berdagang sejak 5 tahun lalu.

Nurdin tak tahu pasti penyebab penurunan penjualan tersebut. Namun, ia menduga yang paling utama karena masyarakat mulai bisa.

"Mungkin orang bosa kali ya, karena yang dijual kan hanya tahu bulat aja," ujarnya.

Jual Sotong

Selain tahu bulat, penjual juga menyediakan sotong yang mirip otak-otak (Liputan6.com/Komarudin)

Nurdin mengungkapkan saat ini penjual tahu bulat mulai berpindah ke daerah-daerah. Itu untuk menyiasati agar penjualan tahu tetap laris dan bertahan.

"Udah banyak yang pindah para penjualnya. Mereka pindah ke daerah-daerah, seperti ke Tangerang, Semarang, ada yang ke Surabaya," ucapnya.

Selain itu, menghadapi kondisi penurunan itu, pihak penjual tahu bulat pun buat stategi untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya dengan menjual sotong, cemilan yang mirip otak-otak. Yang membedakan dengan otak-otak, sotong digoreng dan tak dilapisi daun.

"Sekarang saya juga jual sotong. Sotong lebih laku dibanding dengan tahu bulat," kata Nurdin menunjukkan tumpukan sotong yang berada di dalam kardus.

Menurut Nurdin, tahu bulat dan sotong dipesan dari Ciamis. Barang pesanannya itu kemudian diantar pada malam hari. "Gampang prosesnya, tinggal pesan aja, kemudian barang diantar," jelasnya.

"Kalau Abang mau dagang juga bisa. Tinggal siapin mobil aja. Pesan tahu dan sotongnya bisa sama saya," kata Nurdin memberi tahu Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: