Jumat, 19 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Sederet Aksi Nyeleneh Pelawak yang Jadi Presiden Ukraina

Posted: 19 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komedian Volodymyr Zelensky telah menjabat sebagai presiden Ukraina selama 3 bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlibat Kasus Suap, Petinggi PT Krakatau Steel Segera Disidang

Posted: 19 Jul 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan berkas penyidikan Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel (Persero) Wisnu Kuncoro dan pihak swasta Alexander Muskita. Keduanya merupakan tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di PT Krakatau Steel (Persero).

"Penyidik menyerahkan berkas dan tersangka ke penuntut umum dan kemudian penuntut umum pada KPK akan menyusun dakwaan untuk diajukan ke persidangan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Dalam merampungkan berkas penyidikan keduanya, KPK telah memeriksa sekitar 43 saksi. Di antaranya General Manager Blast Furnace Complex PT Krakatau Steel, General Manager Procurement PT Krakatau Steel, GM Rolling Mill PT Krakatau Steel.

Kemudian Manager dan pegawai PT Krakatau Steel Persero, Asst. to President Director PT Grand Kartech Tbk, Pegawai PT Grand Kartech Tbk, Pegawai PT Tjokro Bersaudara, Direktur PT Fajar Mitra Hutama, Karyawan Swasta, dan Wiraswasta.

"Rencana sidang akan dilakukan di Jakarta," kata Febri.

Sebelumnya, KPK menetapkan Direktur Produksi dan Riset Tekhnologi PT Krakatau Steel (KS) Wisnu Kuncoro sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di PT Krakatau Steel (Persero).

Selain Wisnu, KPK juga menjerat tiga orang lainnya, yakni Alexander Muskita selaku pihak swasta yang diduga sebagai penerima bersama Wisnu. Kemudian dua pihak swasta bernama Kenneth Sutardja dan Kurniawan Eddy Tjokro alias Yudi sebagai pemberi suap.

Awalnya, pada tahun 2019, Direktorat Produksi dan Riset Teknologi PT KS merencanakan kebutuhan barang dan peralatan masing-masing bernilai Rp 24 miliar dan Rp 2,4 miliar. Alexander kemudian menawarkan beberapa rekanan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut kepada Wisnu dan disetujui.

Terima Suap

Alexander yang bertindak sebagai perwakilan dan atas nama Wisnu Kuncoro menyepakati commitment fee dengan rekanan yang disetujui untuk ditunjuk, yakni PT GK (Grand Kartech) dan GT (Group Tjokro) senilai 10 persen dari nilai kontrak.

Selanjutnya, Alexander meminta Rp 50 juta kepada Kenneth dari PT GK dan Rp 100 juta kepada Kurniawan dari PT GT. Kemudian, pada tanggal 20 Maret 2019, Alexander menerima cek Rp 50 juta dari Kenneth yang kemudian disetorkan ke rekening Alexander.

Alexander juga menerima uang USD 4 ribu dan Rp 45 juta di sebuah kedai kopi dari Kurniawan. Uang tersebut kemudian disetorkan ke rekening Alexander. Pada tanggal 22 Maret 2019, Rp 20 juta diserahkan oleh Alexander ke Wisnu di kedai kopi di daerah Bintaro.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Festival Pesona Bunaken, Acara Keren yang Mengangkat Isu Lingkungan

Posted: 19 Jul 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bunaken makin dikenal luas bukan sekadar menjadi tempat wisata yang menarik dikunjungi. Ya, Bunaken banyak didatangi para wisatawan karena memiliki banyak aktivitas menarik selama berwisata di tempat itu. 

Salah satu yang memanjakan para wisatawan adalah pelepasan anak penyu alias tukik. Hal itu ikut menandai puncak pelaksanaan Festival Pesona Bunaken 2019 di Pulau Bunaken, Jumat (19/7).

Gerakan tukik yang lucu dan menggemaskan berjuang menuju lautan menjadi sebuah hal menarik. Bahkan tak sedikit wisatawan yang begitu antusias mengikuti program ini.

Begitu juga Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calender of Event (CoE) Esthy Reko Astuty yang hadir dalam perhelatan tersebut. Kegiatan ini menjadi simbol bagaimana masyarakat harus menjaga kelestarian lingkungan.

"Program ini semakin memperkuat Festival Pesona Bunaken. Festival yang bukan hanya fokus ada atraksi pariwisata, tetapi juga turut serta beraksi melestarikan lingkungan. Dan ini selaras dengan program pembangunan pariwisata berkelanjutan yang tengah digaungkan kemenpar," kata Ketua Tim Kurator Calendar of Event (CoE) Kemenpar, Don Kardono, Jumat (19/7).

Hembusan pelestarian lingkungan yang digaungkan Festival Pesona Bunaken terbilang kencang. Ada program beach clean up yang dilakukan di hari pertama pelaksanaan festival. Festival ini juga mendorong pengurangan penggunaan plastik selama pelaksanaan festival.

Lebih menariknya seluruh program tersebut melibatkan warga dan wisatawan. Bagi Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management CoE Esthy Reko Astuty program-program seperti ini semakin memperkuat Festival Pesona Bunaken. Esthy meyakini makin kayanya program yang diberikan akan makin mengangkat festival tersebut.

"Program-program seperti ini harus dicontoh oleh daerah lainnya untuk memperkuat atraksi pariwisata mereka. Saya lihat programnya cukup padat. Tetapi ingat harus disesuaikan dengan tema besarnya. Jika ini festival bahari, perkuat atraksi baharinya. Jangan hanya menonjolkan budayanya saja sehingga tidak monoton. Ya seperti program pelestarian lingkungan. Ini sangat bagus," paparnya.

Menurut Arief Yahya, program pariwisata berkelanjutan juga semakin meningkat daya saing pariwisata Indonesia. "Berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), World Economic Forum (WEF), tahun 2017 daya saing pariwisata Indonesia naik ke peringkat 42 dari peringkat 50 ditahun 2015," ungkapnya.

Menpar Arief berpandangan, bahwa natural maupun cultural itu harus lestari. Harus sustainable, agar bisa menjadi sumber devisa yang tak ada hentinya. Sehingga makin menyejahterakan masyarakat. Itulah tujuan dari pariwisata berkelanjutan.

"Kemenpar akan terus mendorong festival-festival yang mengangkat isu pelestarian lingkungan seperti Festival Pesona Bunaken ini. Komitmen kami adalah menjadikan pariwisata sebagai leading sektor perekonomian masyarakat. Hanya dengan pariwisata berkelanjutan lah hal itu dapat terwujud. Ingat semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan," ujar Menteri asal Banyuwangi tersebut.

Terpisah Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenar Muh. Ricky Fauziyani mengatakan Festival Pesona Bunaken semakin komplit. Sebagai sebuah atraksi pariwisata yang rutin digelar, festival ini semakin kaya warna. Suguhannya lengkap. Dari atraksi seni budaya, sport tourism hingga penanaman nilai-nilai positif dalam melestarikan lingkungan.

"Festival Pesona Bunaken ini sangat menginspirasi. Acara ini semakin menegaskan Bunaken sebagai salah satu destinasi terbaik di Indonesia dengan sajian atraksi pariwisata yang lengkap. Ini dapat dilihat dari begitu antusiasnya wisatawan mengikuti setiap rangkaian acaranya," ungkap Ricky.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Dukung Pemerintah Genjot Ekspor CPO ke China

Posted: 19 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memulai serangkaian langkah untuk melobi China dalam rangka mendongkrak ekspor. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita yang langsung berkunjung ke China menawarkan komoditas minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO), buah-buahan dan sarang burung walet.

Langkah Enggar tersebut mendapat apresiasi dari kalangan pengusaha. Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, langkah yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan tersebut sangat penting. 

 

"Kita sangat mendukung upaya yang dilakukan Menteri Perdagangan membuka pangsa pasar ekspor ke China. Sebab Negeri Tirai Bambu itu memiliki populasi mencapai 1,2 miliar, pangsa pasar yang punya prospek besar pula," kata Sarman di Jakarta, Sabtu (20/7/2019). 

Sarman menilai, strategi pendekatan bisnis dengan bisnis (B to B) dan pemerintah dengan pemerintah (G to G) harus dilakukan, karena China juga memiliki kebijakan yang membatasi impor.

Selama ini, lanjut dia, Indonesia merasa transaksi perdagangan antara Indonesia dan China tidak seimbang. Artinya jauh lebih besar impor barang dari China daripada ekspor komoditas Indonesia ke China. 

"Sudah saatnya kita lebih proaktif mencari peluang baru di China dengan produk-produk yang mereka sangat butuhkan dari Indonesia," ungkap Sarman.

 

Ekspor Sarang Burung Walet

Sarang burung walet. (Foto: Fiki Ariyanti/Liputan6.com)

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan langkah Mendag sudah tepat dengan melobi China secara langsung. Menurut dia, sebelumnya Perdana Menteri China juga pernah berjanji akan membeli CPO lebih banyak dari Indonesia.

"Positif sekali karena menagih janji. Sekarang mungkin menteri kita datang menagih," tutur dia.

Namun, Sofjan melihat banyak kendala yang harus dihadapi Indonesia dalam ekspor kelapa sawit. Menurutnya, dari manufacturing harga yang ditawarkan Indonesia lebih mahal.

"Susahnya kita tidak masukin dan China itu dalam situasi pembelian dalam streat war, dia minta produk pertanian yang tidak bisa kita produksi. Tetapi kalau jumlah tanya menteri perdagangan saja. Pokoknya pemerintah jualan terus lah, biar produk-produk kita bisa dibeli," kata dia.

Kemudian untuk sarang burung walet, lanjut Sofjan, Indonesia semakin baik dalam kualitas dan mutu. Namun, saat ini tinggal mempercepat masalah internalagar ekspor sarang burung walet segera ada peningkatan.

"Biasanya sarang burung walet itu Indonesia biasanya ekspor melalui Malaysia. Sangkar burung dari sini kita bisa ekspor langsung. Dulu ada kendala. Urusan kita tidak memberikan kualitas yang baik. Tetapi dulu sudah diselesaikan oleh menteri perdagangan. Sekarang mungkin ditagih lagi juga karena kebutuhan mereka akan burung walet banyak sekali. China banyak impor," jelas dia.

Namun Sofjan optimis pemerintah bisa mendapat USD 1 miliar dalam satu tahun dengan menggejot ekspor CPO, buah-buahan dan sarang burung walet. 

 

 

Ikan dari Laut Indonesia Telah Diekspor ke 157 Negara

Nelayan memindahkan ikan laut hasil tangkapan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (26/10). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan hasil ekspor perikanan Indonesia menunjukkan peningkatan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, eksporproduk perikanan Indonesia terus menunjukan tren yang positif. Buktinya saat ini produk perikanan tersebut telah diekspor ke lebih dari 150 negara di dunia.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP, Rina mengatakan, saat ini produk perikanan Indonesia telah diekspor ke 157 negara.

"Ekspor perikanan kita sudah ke 157 negara di dunia. Ini berikan gambaran produk perikanan kita semakin baik karena bisa diterima di banyak negara," ujar dia di Kantor KKP, Kamis (4/7/2019).

Dari data KKP, pada Januari hingga April untuk periode 2015-2019, nilai ekspor perikanan naik 3,52 persen per tahun. Sementara secara volume naik 1,68 persen per tahun.

Masih di periode yang sama, tren ekspor untuk komoditas udang secara volume naik 4,21 persen, tuna naik 5,53 persen, kepiting naik 0,72 persen, dan untuk kelompok cakalang, sotong, gurita naik 17,72 persen. Sementara untuk rumput laut turun 1,49 persen.

Sementara untuk negara tujuan ekspor, Amerika Serikat (AS) masih menjadi pasar utama bagi produk-produk perikanan Indonesia. Selain AS, yang masuk dalam 10 besar negara tujuan ekspor ikan asal Indonesia yaitu China, Jepang, Australia, Singapura, Thailand, Malaysia, Taiwan, Italia dan Vietnam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Saat MOS SMA Taruna Indonesia Palembang Bertambah

Posted: 19 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Satu lagi siswa SMA Taruna Indonesia Palembang, Sumatera Selatan bernama Wiko Jerindra yang diduga menjadi korban kekerasan pembina saat masa orientasi sekolah (MOS), akhirnya meninggal dunia setelah satu pekan mengalami kritis.

Pada Jumat (19/7/2019) malam, nampak keluarga dan para pelayat telah mendatangi rumah duka di Jalan Pertahanan IV, Kecamatan Plaju, Kota Palembang, dan jenazah Wiko langsung dibawa pulang ke rumah setelah dinyatakan meninggal dunia.

"Wiko meninggal pukul 20.10 WIB di Rumah Sakit RK Charitas Palembang," kata kuasa hukum keluarga Wiko, Firli Darta saat berada di rumah duka, dilansir Antara.

Menurutnya, kondisi Wiko mulai menurun sejak Jumat pukul 10.00 WIB, sehingga tim dokter berusaha memberi pertolongan medis, namun tak bisa ditolong. Sehingga meninggal dunia.

Ia menerangkan kondisi Wiko mengalami luka lebam di beberapa bagian tubuh sejak pertama kali dirujuk ke rumah sakit, dan kondisi medis terakhir menyebutkan usus Wiko dalam keadaan terlilit.

"Tim medis belum mengeluarkan hasil pemeriksaan, tapi itulah kondisi yang terlihat," katanya pula.

Wiko yang meninggal pada usia 16 tahun tersebut rencananya akan dimakamkan di TPU Talang Karet, Plaju pukul 09.00 WIB.

Setelah Wiko meninggal, kuasa hukum langsung membuat laporan resmi ke Polresta Palembang untuk mengusut tuntas kejadian dugaan kekerasan saat MOS di lingkungan sekolah tersebut.

Wiko dibawa ke Rumah Sakit Karya Asih saat menjalani MOS SMA Taruna Indonesia Palembang bersama siswa lainnya termasuk Delwyn yang tidak lain korban meninggal akibat kekerasan staf pengajar sekolah tersebut, Sabtu (13/7/2019).

Sebelumnya, seorang siswa baru SMA Taruna Indonesia bernama Delwyn Berli Julindro meninggal dunia akibat penganiayaan yang dilakukan staf pengajar sekolah tersebut berinisial OFA (24) pada Sabtu (13/7/2019), polisi kemudian menetapkan OFA sebagai tersangka satu hari berselang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kelakuan Nyeleneh di Bandara Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 19 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bandara sama seperti tempat publik lainnya, selalu ramai dengan banyak orang. Setiap harinya sealu saja ada orang yamg berlalu lalang untuk pergi atau pun datang di tempat pelabuhan udara tersebut. 

Bandara juga bisa menjadi tempat paling menyedihkan sekaligus menyenangkan. Menyedihkan tatkala kamu harus berpisah dengan orang terkasih. Namun, juga menyenangkan ketika kamu akhirnya berjumpa dengan orang yang kamu rindukan. 

Tidak hanya itu saja, di pelabuhan udara juga bisa kamu temukan momen-momen lucu dan juga nyeleneh. Bertemu dengan banyak orang dengan beragam karakter dan watak, tak mengherankan jika ada momen nyeleneh yang dilakukan orang lain. 

Seperti beberapa potret di bawah ini, ada seorang warganet yang melakukan yoga di bandara. Untungnya, momen nyeleneh tersebut sempat terekam oleh kamera warganet.

Penasaran kan bagaimana potret lainnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari Brainberries, 6 kelakuan nyeleneh di bandara yang bikin geleng kepala, Sabtu (20/7/2019).

1. Waduh, koper satu RT dibawa semua kali ya?

Kelakuan Nyeleneh di Bandara (Sumber: Brainberries)

2. Yang penting baterai handphone harus terisi penuh

Kelakuan Nyeleneh di Bandara (Sumber: Brainberries)

3. Menunggu pesawat dengan yoga, selalu hidup sehat di mana pun!

Kelakuan Nyeleneh di Bandara (Sumber: Brainberries)

4. Pria berbaju baja ini sedang dipijat, memangnya berasa pijatannya?

Kelakuan Nyeleneh di Bandara (Sumber: Brainberries)

5. Sambil nunggu penerbangan yang masih lama, tidur dulu

Kelakuan Nyeleneh di Bandara (Sumber: Brainberries)

6. Waduh, bisa bahaya nih!

Kelakuan Nyeleneh di Bandara (Sumber: Brainberries)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasihat Arswendo Atmowiloto Bikin Asri Welas Merinding

Posted: 19 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar meninggalnya Arswendo Atmowiloto sampai juga ke telinga Asri Welas. Ibu tiga anak ini punya kenangan khusus dengan Arswendo Atmowiloto.

Tahun lalu, Asri Welas syuting film Keluarga Cemara yang diangkat dari sinetron berjudul sama karya Arswendo Atmowiloto. Di tengah syuting, Arswendo Atmowiloto berkunjung ke lokasi.

Yang bikin Asri Welas kagum, Arswendo Atmowiloto tidak rewel dan menyerahkan sepenuhnya pengembangkan setiap tokoh kepada penulis skenario, sutrdara, dan pemain.

"Saya ceritakan tokoh Ceu Salma yang saya perankan kepada Mas Wendo. Dia bilang begini, 'Saya percayakan karakter ini padamu. Justru di sini saya jadi penonton yang akan mengapresiasi hasilnya," ungkap Asri Welas saat dihubungi Showbiz Liputan6.com via telepon, Jumat (19/7/2019) malam.

 

Merinding

Asri Welas

Keluarga Cemara, kata Asri Welas, adalah saksi masa sulit yang dihadapi Arswendo Atmowiloto. Lewat kisah ini, Arswendo mengajak keluarganya bahagia meski kondisi finansial sedang sulit. Bahagia adalah pilihan.

Asri Welas mengingat nasihat Arswendo Atmowiloto. "Kepada anaknya dan saya, Mas Wendo menasihati bersyukur tanpa libur. Nasihat itu pas banget dengan momen suami saya dirumahkan. Benar bahwa suami saya punya usaha tapi sejak dirumahkan oleh perusahaan, kan penghasilannya tidak sama seperti dulu," ujar Asri Welas dengan suara bergetar.

Ia menambahkan, "Saat kondisi ekonomi diuji, pasangan lain mungkin memilih cerai. Nasihat Mas Wendo membuat kami bersemangat bangkit dari keterpurukan. Kalau ingat nasihat itu saya merinding."

 

Utang Budi

Asri Welas

Asri Welas makin emosional saat mengingat pencapaian film Keluarga Cemara. Selain box office, Keluarga Cemara mengantar Asri Welas meraih Piala Indonesian Movie Actors Award kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

"Saya utang budi pada Mas Wendo. Di era sekarang, artis seumuran saya kadang dapat peran, kadang tidak. Cerita Keluarga Cemara membuat saya optimistis," imbuh Asri Welas seraya menyatakan duka cita dan doa untuk keluarga Arswendo Atmowiloto.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Nama Warung Unik yang Bikin Pembeli Penasaran

Posted: 19 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemilik warung tentu menarik perhatian pembeli untuk mampir ke warung mereka bukanlah hal yang mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan nama warung yang unik.

Contohnya saja seperti deretan nama warung unik berikut ini. Tak hanya lucu ketika dibaca, warung-warung tersebut juga bikin pembeli penasaran.

Artikel tentang deretan nama warung unik ini menjadi artikel terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul oleh video viral seekor panda yang dilempari batu oleh pengunjung.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang 7 hobi yang bisa membantu kalian mempertajam ingatan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kreatif Abis, 6 Nama Warung Ini Bikin Penasaran Pengin Beli

Doc: Instagram.com

Untuk menarik pengunjung datang ke warung yang dimiliki bukan perkara mudah. Terlebih bila Anda merupakan pemain baru. Butuh strategi marketing tak biasa untuk menarik minat calon pembeli. Bisa dengan nama menu yang unik, spanduk kocak, atau bahkan nama warungnya sendiri yang tak lazim.

Selengkapnya...

2. Viral Video Panda Dilempari Batu oleh Pengunjung, Warganet Geram

Sumber: Weibo

Panda menjadi salah satu hewan yang penting di Tiongkok. Untuk itu, tak jarang panda digunakan untuk diplomasi Tiongkok dengan negara-negara lain. Negeri Tirai Bambu ini pun merupakan rumah bagi panda. Namun nahas, baru-baru ini terekam tindakan kejam pengunjung yang melempari seekor panda dengan batu.

Selengkapnya...

3. Mulai Mudah Lupa, Coba 7 Hobi yang Bantu Pertajam Ingatan Ini

Ilustrasi pensil warna (Sumber: PIxabay)

Menjadi kreatif adalah salah satu cara membuat otak tetap berfungsi baik hingga di hari tua. Memiliki hobi kreatif dapat secara serius meningkatkan daya ingat Anda, membantu Anda mengingat berbagai hal dengan lebih jelas.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wujud Reruntuhan Masjid Tertua yang Ditemukan di Israel

Posted: 19 Jul 2019 09:00 PM PDT

Pekerja muslim dari otoritas barang antik Israel berdoa di reruntuhan salah satu masjid kuno yang baru ditemukan di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Reruntuhan salah satu masjid tertua di dunia tersebut diperkirakan berasal dari Abad ke-7 atau ke-8 Masehi. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Pekerja muslim dari otoritas barang antik Israel berdoa di reruntuhan salah satu masjid kuno yang baru ditemukan di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Reruntuhan salah satu masjid tertua di dunia tersebut diperkirakan berasal dari Abad ke-7 atau ke-8 Masehi. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Pekerja dari otoritas barang antik Israel meneliti reruntuhan salah satu masjid kuno yang baru ditemukan di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Situs masjid kuno itu ditemukan tanpa sengaja dalam sebuah proyek pembangunan di daerah setempat. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Pekerja dari otoritas barang antik Israel meneliti reruntuhan salah satu masjid kuno yang baru ditemukan di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Situs masjid kuno itu ditemukan tanpa sengaja dalam sebuah proyek pembangunan di daerah setempat. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Pekerja dari otoritas barang antik Israel meneliti reruntuhan salah satu masjid kuno, di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Masjid ini ditemukan dalam kondisi terbuka, berbentuk persegi panjang dengan mimbar menghadap ke selatan menuju Makkah. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Pekerja dari otoritas barang antik Israel meneliti reruntuhan salah satu masjid kuno, di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Masjid ini ditemukan dalam kondisi terbuka, berbentuk persegi panjang dengan mimbar menghadap ke selatan menuju Makkah. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Yaser Alamor dari otoritas barang antik Israel memperlihatkan batu reruntuhan salah satu masjid kuno, di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Peneliti menyebut masjid terkait adalah yang pertama dibangun setelah kedatangan Islam di tempat yang dikenal sebagai Israel. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Yaser Alamor dari otoritas barang antik Israel memperlihatkan batu reruntuhan salah satu masjid kuno, di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Peneliti menyebut masjid terkait adalah yang pertama dibangun setelah kedatangan Islam di tempat yang dikenal sebagai Israel. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Shahar Tzur dari otoritas barang antik Israel menunjuk pada reruntuhan salah satu masjid kuno yang baru ditemukan di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Para peneliti meyakini jemaah yang beribadah di masjid tersebut amat mungkin para petani setempat. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Shahar Tzur dari otoritas barang antik Israel menunjuk pada reruntuhan salah satu masjid kuno yang baru ditemukan di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Para peneliti meyakini jemaah yang beribadah di masjid tersebut amat mungkin para petani setempat. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Pekerja otoritas barang antik Israel meneliti reruntuhan salah satu masjid kuno yang baru ditemukan, di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Para arkeolog juga menemukan jejak bekas pertanian dan pemukiman di dekatnya. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Pekerja otoritas barang antik Israel meneliti reruntuhan salah satu masjid kuno yang baru ditemukan, di kota Rahat, gurun Negev pada 18 Juli 2019. Para arkeolog juga menemukan jejak bekas pertanian dan pemukiman di dekatnya. (MENAHEM KAHANA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernyataan Conte Perkuat Sinyal Lukaku Kian Dekat ke Inter Milan

Posted: 19 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Bomber Manchester United (MU), Romelu Lukaku sepertinya kian dekat ke Inter Milan. Itu setelah pelatih Inter Milan, Antonio Conte mengaku menyukai bomber asal Belgia tersebut.

"Saya menyukainya sebagai pemain dan saya mempertimbangkan dia sebagai elemen penting bagi kami untuk memperbaiki tim, tetapi di saat yang sama, masih ada bursa transfer," ujar Conte seperti dilansir Sportskeeda.

Seperti diketahui, Lukaku santer diberitakan segera angkat kaki dari MU pada bursa transfer musim panas ini. Inter Milan rumornya tertarik mendatangkan mantan bomber Everton tersebut.

MU sebetulnya tak keberatan melepas Lukaku. Itu mengingat performanya yang buruk di musim lalu.

Striker berusia 26 tahun tersebut hanya mencetak 15 gol dari 45 kali tampil. Padahal, ia diboyong dengan harga sekitar 75 juta pound sterling atau Rp 1,3 triliun.

Harga itu pula yang kini mengganjal Inter Milan untuk menggaet Lukaku. Pasalnya, MU enggan melepas Lukaku dengan harga murah.

"Kami tahu benar situasinya seperti apa, dan kami akan lihat apa yang terjadi. Tetapi sekarang, Lukaku adalah pemain MU," kata Conte.

 

 

Buang Icardi

Mauro Icardi (AFP/Olivier Morin)

Di sisi lain, Conte juga secara tersirat berniat melego Mauro Icardi pada bursa transfer musim panas ini. Mantan pelatih Juventus itu mengaku kesulitan bermain di pramusim tanpa striker.

Padahal, Icardi masih ada di dalam tim, namun tak dibawa serta dalam tur pramusim. "Tentu saja, tidak mudah bermain tanpa striker di awal musim seperti ini. Bursa transfer masih dibuka," kata Conte mengakhiri.

Jadwal Tur Pramusim Inter Milan

Manchester United vs Inter Milan

Juventus vs Inter Milan

PSG vs Inter Milan

Tottenham Hotspur vs Inter Milan

Valencia vs Inter Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati Kena Heatstroke Ketika Lakukan 3 Kegiatan Ini di Cuaca yang Sangat Panas

Posted: 19 Jul 2019 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini beberapa di daerah Indonesia dilanda musim kemarau ekstrem. Cuacanya pun terasa sangat panas. Meski panas yang begitu terik dan menyengat, bukan berarti menurunkan semangat Anda untuk beraktivitas.

Namun, bila Anda merasa panas-nya sudah terlalu berlebihan, ada baiknya buat mengerem aktivitas yang tengah Anda lakukan. Sebab, seperti dikutip dari situs Reader's Diggest pada Jumat, 19 Juli 2019, terlalu memaksakan diri berisiko mengalami heatstroke (kepanasan hebat). Suatu kondisi yang membuat suhu tubuh Anda mencapai 39 derajat celcius. 

"Dengan heatstroke, tubuh mencoba menurunkan suhu internalnya dengan secara sistematis mematikan organ untuk melindungi jantung dan otak," kata ahli jantung, Paula Montana De La Cadena.

 

Tanda-Tanda Heat Stroke

 

Heat stroke ditandai dengan kulit merah yang melepuh, pusing, mual, kebingungan, dan tak jarang berakhir dengan pingsan.

"Keadaan mental abnormal berupa kebingungan, disorientasi, gangguan penilaian, koordinasi motorik yang abnormal, kejang, atau kehilangan kesadaran terjadi ketika terkena sengatan panas," kata David Geier, ahli bedah ortopedi dan spesialis kedokteran olahraga.

Sebuah studi di Injury Epidemiology mengatakan ada 4.000 lebih pasien gawat darurat akibat heat stroke di Amerika. Pada kondisi yang amat serius bisa menyebabkan pasien harus menginap di rumah sakit.

Kelelahan akibat panas mungkin masih bisa diatasi dengan minum air dingin dan berteduh di tempat yang lebih dingin, sedangkan heat stroke tidak dapat dirawat di rumah.

"Heat stroke yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan serius pada otak, jantung, ginjal, otot hingga kematian jika pengobatan ditunda," ujar Paula.

 

Tiga Kegiatan Yang Berisiko Terkena Heat Stroke

 

Untuk mencegah banyaknya pasien akibat kondisi ini, Paula memperingatkan 3 hal yang dapat meningkatkan risikonya.

1. Olahraga

Berolahraga keras di cuaca panas dapat menyebabkan heat stroke. Hal ini dapat terjadi pada atlet yang berlatih di luar pada musim panas.

"Dalam olahraga, terutama sepak bola, kondisi ini biasanya terjadi ketika panas dan kelembaban berapa pada titik tertinggi dan para atlet belum menyesuaikan diri dengan kondisi ini," ujar David.

2. Bekerja di Luar Ruangan

Jika Anda bekerja di luar ruangan ketika musim panas, biasakan untuk beristirahat dan minum air dingin.

Bagi yang bekerja sebagai petani, memindahkan alat berat atau pekerjaan konstruksi berisiko mengalami dehidrasi, heat stroke, dan bahkan memengaruhi emosional sehingga mudah kesal.

3. Dehidrasi

Anak-anak atau orang tua berisiko mengalami dehidrasi dan juga terkena sengatan panas. Jika Anda didiagnosis menderita penyakit jantung atau hati, batasi kegiatan di tempat panas dan selalu siapkan air minum.

"Untuk kelompok-kelompok ini, proses dehidrasi terjadi jauh lebih cepat karena tindakan kompensasi tubuh terhadap panas tidak bekerja secara efisien," Paula menekankan.

Penulis: Febrianingsih Alamako

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Yunani, Jutaan Orang Barhamburan ke Jalan

Posted: 19 Jul 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Athena - Gempa kuat yang berpusat di barat laut Athena mengguncang sebagian wilayah Yunani pada Jumat 19 Juli, menyebabkan jutaan penduduk yang ketakutan lari ke jalan-jalan ibu kota.

Gempa itu juga merusak beberapa bangunan dan menyebabkan empat orang harus dilarikan ke rumah sakit karena cedera. Tidak ada laporan korban jiwa, kata polisi setempat.

Dikutip dari Time.com pada Sabtu (20/7/2019), Institut Geodinamika Athena menyatakan gempa yang melanda pada pukul 14.13 siang waktu berkekuatan magnitudo 5.1.

Namun, menurut Survei Geologi AS (USGS), gempa tersebut diketahui berkekuatan magnitudo 5,3.

Petugas pemadam kebakaran memeriksa orang-orang yang terjebak dalam lift di tengah pemadaman listrik setelah gempa singkat namun menyentak.

Di pusat Athena, Museum Acropolis dievakuasi dan ditutup untuk sisa hari itu sebagai tindakan pencegahan, tetapi monumen kuno di seantero kota tetap buka.

 

 

Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Bendera negara Yunani (Wikimedia Commons)

Patroli dan helikopter polisi dikerahkan untuk memeriksa daerah di sekitar pusat gempa di dekat kota Magoula.

Upaya itu berlanjut hingga malam hari karena banyak warga setempat memilih tidur di luar, menunggu gempa susulan mereda.

Juru bicara pemerintah Yunani Stelios Petsas mengatakan sebuah gedung kosong runtuh di Athena barat, dan beberapa bangunan yang ditinggalkan di tempat lain di kota itu mengalami kerusakan serius.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Di Yunani, kami sangat mengenal gempa," katanya.

Gempa paling kuat yang melanda ibu kota Yunani dalam 20 tahun terakhir terjadi pada tahun 1999, ketika lindu berkekuatan 6.0 skala richter menyebabkan kerusakan besar dan menewaskan lebih dari 140 orang.

Gempa Dirasakan di Wilayah Yunani Selatan

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Setelah gempa hari Jumat, barisan petugas pemadam kebakaran mengkau menerima puluhan telepon tentang orang-orang yang terjebak dalam lift.

Bukti kerasnya guncangan gempa sempat terekam langsung oleh siaran televisi nasional ERT, di mana memperlihatkan langit-langit salah satu studionya mengalami retak-retak.

Gerasimos Papadopoulos, seismolog senior di Institut Geodinamika Athena, mengatakan gempat hari Jumat dirasakan di seluruh wilayah Yunani selatan.

"Pusat gempa berada pada kedalaman yang sangat dangkal, dan itulah mengapa guncangannya terasa sangat kuat," katanya.

Ditambahkan oleh Papadopoulos bahwa lindu terkait diikuti oleh pola gempa susulan yang normal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, FAM Minta Jaminan Keamanan Timnas Malaysia dan Fans

Posted: 19 Jul 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Pertemuan Timnas Indonesia dengan Timnas Malaysia dalam Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia memunculkan "persoalan" lama yang selalu berulang, yakni perihal keamanan dan keselamatan.

Sejak 2010, tepatnya setelah perhelatan final Piala AFF 2010, Timnas Malaysia kerap diliputi waswas setiap kali bertanding di Indonesia. Tak hanya timnas senior, namun menjalar hingga timnas kelompok usia.

Rivalitas tinggi di antara suporter kedua negara menjadi penyebab kekhawatiran tim Harimau Malaysia.

Hal sama sudah mulai diangkat kembali oleh media massa Malaysia, dan mendapat respons dari Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Amin.

Hamidin meyakinkan bahwa ia tidak akan berkompromi dengan keselamatan pemain, tim pelatih, hingga ofisial Timnas Malaysia.

"FAM akan menegaskan bahwa AFC dan PSSI memastikan keamanan tim dan fan kami, ujar Hamidin, seperti dikutip dari New Straits Times, Jumat (19/7/2019).

"Tak ada kompromi, dan kemarin, saya menelpon Sekjen PSSI (Ratu Tisha Destria), dan dia telah meyakinkan bahwa semuanya akan terkendali," lanjutnya.

"Kami akan sering mengingatkan AFC dan PSSI untuk memastikan bahwa timnas kami dalam kondisi aman," imbuh Hamidin.

Indonesia dan Timnas Malaysia akan berjumpa dalam dua pertandingan, kandang-tandang, sepanjang putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

 

Laga 5 September 2019

Pada kesempatan pertama, Timnas Malaysia lebih dulu menyambangi Indonesia, pada 5 September 2019. Seperti disampaikan Sekjen PSSI, Ratu Tisha, Tim Garuda akan menjamu tim Harimau Malaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada leg kedua, giliran Timnas Indonesia melawat ke markas Timnas Malaysia, pada 19 November 2019. Kemungkinan, partai ini dimainkan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Sumber: New Straits Times

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Diabetes Melitus Sesuai Tipenya, Waspadai Sedini Mungkin

Posted: 19 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab diabetes melitus nampaknya perlu diwaspadai melihat jenis penyakit tidak menular ini kian banyak diderita. Menurut WHO Sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah. WHO juga menyatakan bahwa diabetes menjadi salah satu penyebeb kematian utama di dunia.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari Kemenkes RI, angka prevalensi Diabetes meningkat dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018. Hasil riset ini menyatakan estimasi jumlah penderita di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang. Diabetes tak hanya penyakit tunggal, adanya diabetes dalam tubuh bisa memicu risiko gangguan kesehatan lain seperti jantung, stroke, gagal ginjal, hingga kematian.

Penyebab diabetes melitus bukan serta merta datang begitu saja. Gaya hidup tidak sehat seperti makanan hingga kurang olahraga dapat menjadi pemicu datangnya penyebab diabetes melitus. Tanpa adanya perawatan berkelanjutan akan penyebab diabetes melitus, penyakit ini bisa berujung fatal. Ada tiga tipe umum diabetes yaitu diabetes tipe 1, tipe 2, dan gestasional.

Kadar gula darah dalam tubuh menjadi tonggak utama penyebab diabetes melitus. Dengan mengelola asupannya dan memulai gaya hidup sehat, risiko diabetes melitus dapat berkurang.

Selain kadar gula darah, ada beberapa penyebab diabetes melitus yang datang sebagai pemicu. Berikut penyebab diabetes melitus yang patut diwaspadai, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (20/7/2019).

Penyebab diabetes melitus Tipe 1

diabetes mellitus Tipe 1 (sumber: iStockphoto)

Diabetes Tipe 1 juga dikenal dengan juvenile diabetes, adalah penyakit autoimun. Tipe ini terjadi ketika tubuh gagal menghasilkan insulin.

Sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas, tempat insulin dibuat. Orang dengan diabetes tipe I tergantung pada insulin, yang berarti mereka harus meminum insulin buatan setiap hari untuk tetap hidup.

Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat memproses glukosa, karena kurangnya insulin. Glukosa dari makanan tidak bisa masuk ke dalam sel dan meninggalkan terlalu banyak glukosa yang bersirkulasi dalam darah. Penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui. Namun, itu dianggap sebagai penyakit autoimun.

Sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel beta di pankreas. Ini adalah sel yang membuat insulin. Para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami mengapa ini terjadi. Elemen genetik dan lingkungan, seperti virus, dapat berperan. Pemicu berikut mungkin terlibat dalam terbentuknya diabetes tipe 1:

- Infeksi virus atau bakteri

- Racun kimia dalam makanan

- Komponen yang tidak dikenal menyebabkan reaksi autoimun

- Disposisi genetik yang mendasari juga dapat menjadi penyebab diabetes tipe 1.

Penyebab diabetes mellitus Tipe 2

diabetes mellitus Tipe 2 (sumber: iStockphoto)

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin, dan gula menumpuk di dalam darah. Diabetes tipe 2 memengaruhi cara tubuh menggunakan insulin. Sementara tubuh masih membuat insulin, tidak seperti pada tipe I, sel-sel dalam tubuh tidak meresponnya seefektif sebelumnya.

Seiring waktu, ini dapat merusak sel-sel di pankreas. Akhirnya, pankreas mungkin tidak dapat menghasilkan insulin apa pun. Jika tidak menghasilkan insulin yang cukup atau jika tubuh tidak menggunakannya secara efisien, glukosa menumpuk di dalam aliran darah. Ini membuat sel-sel tubuh kekurangan energi.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, ini adalah jenis diabetes yang paling umum dan memiliki hubungan kuat dengan obesitas.

Penyebab diabetes tipe 2 biasanya multifaktorial - lebih dari satu penyebab diabetes terlibat. Seringkali, faktor yang paling besar adalah riwayat keluarga dengan diabetes tipe 2. Ada berbagai faktor risiko untuk diabetes tipe 2, yang semuanya meningkatkan kemungkinan mengembangkan kondisi tersebut. Ini termasuk:

- Kegemukan

- Hidup dengan gaya hidup yang tidak aktif

- Bertambahnya usia

- Diet yang buruk

Penyebab diabetes tipe 2 lainnya seperti kehamilan atau penyakit dapat menjadi faktor risiko diabetes tipe 2.

Penyebab Diabetes gestasional

Diabetes gestasional

Jenis ini terjadi pada wanita selama kehamilan ketika tubuh dapat menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Diabetes gestasional tidak terjadi pada semua wanita dan biasanya sembuh setelah melahirkan. Akan tetapi, memiliki diabetes gestasional tidak membuat ibu berisiko terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Hormon penghambat insulin yang diproduksi oleh plasenta menyebabkan diabetes tipe ini. kehamilan, sampai taraf tertentu, menyebabkan resistensi insulin. Penyebab diabetes dalam kehamilan juga dikenal sebagai diabetes gestasional masih belum diketahui. Namun, ada sejumlah faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan kondisi ini:

- Riwayat keluarga diabetes gestasional

- Kegemukan atau obesitas

- Menderita sindrom ovarium polikistik

- Memiliki bayi besar dengan berat lebih dari 4 kg

Penyebab diabetes gestasional mungkin juga terkait dengan etnisitas. Beberapa kelompok etnis memiliki risiko diabetes gestasional yang lebih tinggi.

Pencegahan diabetes

Pencegahan diabetes (Sumber: iStockphoto)

Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah karena disebabkan oleh masalah dengan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penyebab diabetes tipe 2, seperti gen atau usia, juga tidak dapat dikendalikan. Namun banyak faktor risiko diabetes lainnya dapat dikendalikan. Sebagian besar strategi pencegahan diabetes melibatkan penyesuaian sederhana dengan pola makan dan kebugaran rutin.

Jika Anda telah didiagnosis menderita prediabetes, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menunda atau mencegah diabetes tipe 2:

- Dapatkan setidaknya 150 menit per minggu latihan aerobik, seperti berjalan atau bersepeda.

- Potong lemak jenuh dan trans, bersama dengan karbohidrat olahan, dari makanan harian.

- Makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian.

- Makanlah dalam porsi yang lebih kecil.

- Cobalah untuk menurunkan 7 persen dari berat badan jika kelebihan berat badan atau obesitas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kolaborasi Lintas Negara Warnai Toraja International Festival 2019

Posted: 19 Jul 2019 08:49 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Toraja International Festival (TIF) resmi dibuka pada Jumat 19 Juli 2019 di Ketekesu, Rantepao, Toraja. Dalam pembukaan itu menampilkan kolaborasi seniman dari tiga negara, seperti Rodrigo Pareja asal Spanyol, Kamau Abayomi (Amerika Serikat), dan Nevan Suntareja (Indonesia).

 

Menariknya penampilan mereka dibalut juga dengan tarian Gellu To'dolo dari Toraja. Kolaborasi ini mampu membuat pengunjung terpukau, termasuk Sekda Toraja Utara Rede Roni Bare, Kabid Pemasaran Area II di Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Syukurni, dan perwakilan Disbudpar Sulawesi Selatan.

Alunan musik yang dimainkan Rodrigo Pareja dan Nevan Suntareja, mengiringi aksi rap Kamau Abayomi. Buat Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Kemenpar Don Kardono, kolaborasi ini membuat Toraja International Festival 2019 semakin berwarna.

 

"Sebagai kegiatan berlabel internasional, TIF 2019 terbukti luar biasa. Karena bukan hanya potensi lokal yang dihadirkan. Atraksi internasional sudah disajikan sejak awal. Tidak hanya itu, sejumlah wisatawan mancanegara juga hadir. Ini event yang luar biasa," kata Don, yang juga Tim Kurator CoE 2019 Kemenpar.

Keseruan pembukaan TTIF 2019 tidak sampai disitu. Para pengunjung juga disajikan dengan fashion show bertajuk Tana Bulaan. Menariknya para model tak hanya beraksi di panggung. Mereka juga berlenggak lenggok ke tengah-tengah pengunjung Desa Ketekesu.

Acara ini semakin seru dengan penampilan dari mancanegara, seperti Bharatanatyam Dance dari India, dan Jeonju Gi-jeop Nori dari Korea.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Muh Ricky Fauziyani mengatakan kegiatan ini memang memiliki daya tarik.

"Ada banyak alasan wisatawan untuk hadir di Toraja. Pertama jelas karena budayanya yang memang unik. Lain dari daerah lain. Alasan lainnya adalah Toraja International Festival. Ini adalah atraksi internasional yang dimiliki Toraja. Dan bisa menjadi sajian alternatif buat wisatawan yang datang," paparnya.

Sementara Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar Esthy Reko Astuty, mengatakan keseruan TIS 2019 tidak hanya terjadi di pembukaan saja.

"Event ini memiliki banyak kegiatan dan berlangsung hingga akhir atau sampai 21 Juli 2019. Masih ada sejumlah performer mancanegara yang akan tampil. Begitu juga atraksi dari berbagai daerah. Tentu saja dari Toraja sendiri. Jadi jangan sampai terlewatkan," ujar Esthy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi untuk pembukaan TIF 2019. Menurutnya, kolaborasi musisi antar negara yang disajikan cukup menarik.

"Toraja tidak pernah melupakan budayanya. Meski ada kolaborasi dengan seniman mancanegara, budaya tetap mereka tampilkan. Dan itu menjadi nilai lebih dari event. Yang membuat acara ini lebih menarik bagi wisatawan adalah lokasinya. Ketekesu adalah destinasi. Ada jejeran rumah afat yang keren. Event ini benar-benar tidak boleh terlewatkan," paparnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bima Arya: Banyak di Internal PAN yang Ingin Jadi Oposisi

Posted: 19 Jul 2019 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto menyebutkan, tak sedikit di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN yang semangat menjadi oposisi untuk pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Saya lihat di dalam itu banyak juga yang ingin jadi oposisi menurut saya. Oposisi juga terhormat," ujar Bima saat berkunjung ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/7/2019).

Menurut dia, menjadi partai oposisi sama terhormatnya dengan partai yang memilih berkoalisi dengan partai-partai pengusung Jokowi-Ma'ruf dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Di dalam DPP itu saya lihat banyak yang semangatnya semangat menjadi oposisi. Buat saya menjadi koalisi dan oposisi sama-sama terhormat," kata pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor itu seperti dikutip Antara.

Tapi, menurut Bima alangkah baiknya para kader PAN lebih memperhatikan keberlangsungan partainya sendiri, sehingga tidak sibuk memikirkan arah dukungan pasca-Pilpres 2019.

"Sekarang ini kader partai tidak usah mikirin kenapa partai ini ke situ, kenapa partai ini ke sini, sementara partai gak dibenahi. Benahi dulu, modernisasi partai, sistem pengkaderan di partai, hubungan legislatif dan eksekutif, itu dulu," tutur dia.

Di samping itu, ketika ditanya kesiapannya jika dipilih sebagai menteri Jokowi-Ma'ruf lantaran sempat memberikan dukungan menjelang hari pencoblosan, Bima mengaku enggan masuk bursa menteri.

"Engga ada, itu ijtihad politik saya dipadu dengan insting. Insting saya, Pak Jokowi akan tetap menang," bebernya.

 

Dukung Jokowi

Seperti diketahui, meski berbeda gerbong koalisi partai dalam kontestasi Pilpres 2019, Bima Arya sempat mengampanyekan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dukungan itu secara gamblang ia sampaikan dalam acara yang ia digelar pada Jumat 12 April 2019 di Puri Begawan, Kota Bogor, Jawa Barat, dengan menghadirkan sejumlah tokoh pendukung Jokowi, seperti Budiman Sujatmiko, Wanda Hamidah, dan lain-lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Leg Pertama Final Piala Indonesia: Persija vs PSM Makassar

Posted: 19 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan meladeni PSM Makassar dalam laga leg pertama final Piala Indonesia 2019, Minggu (21/7/2019) di Stadion Gelora Bung Karno. Persija pastinya ingin menang agar lebih percaya diri menghadapi leg kedua di Makassar, sepekan berikutnya.

Namun demikian, pihak Macan Kemayoran -julukan Persija- menyadari meraih kemenangan atas PSM bukan perkara mudah. Pelatih Persija, Julio Banuelos mengatakan, timnya harus tampil maksimal di leg pertama nanti.

"Lawan PSM pertandingan sulit, mereka saat ini sedang dalam keadaan baik dan bagus. Namun, kami main kandang, tidak boleh kalah dan kami akan mencoba tampil maksimal dan memenangkan pertandingan," kata Banuelos seperti dilansir situs resmi klub.

Banuelos menambahkan, dirinya cukup beruntung bisa mengetahui kekuatan PSM. Di dalam skuat Persija, ada tiga pemain yang pernah memperkuat Juku Eja, yakni Heri Susanto, Steven Paulle, dan Shahar Ginanjar.

Selain mengorek informasi dari tiga pemainnya, pelatih Persija Jakarta berusia 48 tahun tersebut mempelajari permainan PSM dari video.

"Kami akan mencoba dengan pemain yang ada. Persija bakal bermain dengan pemain terbaik untuk memenangkan dan mencari hasil yang baik," ujar Banuelos.

Berukut Jadwal Persija Jakarta vs PSM Makassar pada leg pertama Piala Indonesia

 

Jadwal Final Piala Indonesia

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania diprediksi akan memenuhi Stadion Gelora Bung Karno pada leg pertama final Piala Indonesia vs PSM Makassar (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Minggu 21 Juli 2019

15.15 WIB, Persija Jakarta vs PSM Makassar

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Live RCTI

Saksikan video menarik berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panel Surya Terbesar di Dunia Ini Habiskan Rp 30 Triliun, Ini 4 Fakta di Baliknya

Posted: 19 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menciptakan dan menggunakan energi yang ramah lingkungan memang sebuah tren yang sedang berkembang di masyarakat. Meningkatnya jumlah polusi dan efek pemanasan global menjadi sebuah isu yang mendorong semua orang untuk bergerak menuju masyarakat yang peduli lingkungan.

Tak sampai di situ saja, pemanfaatan lahan sebaik-baiknya juga mulai dilakukan oleh negara-negara yang memiliki bentang wilayah luas. Seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, di mana negara ini miliki gurun yang dimanfaatkan untuk menjadi tempat pembangkit listrik tenaga surya sebagai sumber energi.

Pembangkit ini pun jadi pembangkit listrik tenaga surya terluas di dunia, dan telah ditetapkan oleh Guinness World Record. Selain itu, pembangkit ini panelnya disusun dengan sangat indah, hingga membentuk sebuah filosofi akan lokasi pembangkit tersebut.

Selain menjadi sumber energi, pembangkit tenaga surya ini juga memiliki filosofi. Berikut ulasan mengenai 4 fakta panel surya terbesar di dunia yang Liputan6.com lansir dari Dailymail, Sabtu (20/7/2019).

Pembangkit listrik tenaga surya terluas di dunia

Pambangkit listrik tenaga surya di Kubuqi, Mongolia Dalam, Tiongkok (Sumber: daliymail)

Melansir dari Dailymail, Sabtu (20/7/2019) Tiongkok baru saja membangun pembangkit listrik tenaga surya yang paling luas di dunia. Luas dari pembangkit ini adalah 195 kali lapangan sepakbola, menggunakan lahan seluas 1,4 Kilometer persegi atau 345 hektar dan telah memecahkan rekor sebagai pembangkit listrik tenaga surya terluas di dunia.

Pembangunan pembangkit ini merupakan sebuah bagian dari taman bertema tenaga surya di Kubuqi, Mongolia Dalam, Tiongkok.

Penggunakan panel surya sebagai bentuk untuk mengunakan energi yang ramah lingkungan dan memanfaatlah lahan yang tidak terpakai, seperti gurun ini yang hampir tidak ada penduduknya. Lokasi dari panel surya terbesar ini pun sangat dekat dengan 'Kota Hantu' China di Daerah Otonomi Mongolia Dalam.

Tiongkok memang memiliki Kota Hantu yaitu sebuah kota yang telah dibangun dengan lengkap namun tidak ada penduduk atau warga yang menempati kota tersebut.

Menghabiskan biaya yang fantastis, Rp 30 Triliun

Pambangkit listrik tenaga surya di Kubuqi, Mongolia Dalam, Tiongkok (Sumber: daliymail)

Sebuah mega proyek pembangunan pembakit listrik tenaga surya terbesar ini mengabiskan biaya yang sangat fantastis, yaitu Rp 30 Triliun. Di mana menggunakan lahan seluas 1,4 Kilometer persegi atau 345 hektar untuk dipasangi 196.320 panel surya.

Tiongkok memang sedang bergerak menuju ke negara yang menggunakan energi ramah lingkungan yang didukung oleh Presiden Xi Jinping. Tak hanya panel listrik di Gurun Kubuki saja, sebelumya Tiongkok juga telah membangun panel surya yang membetuk panda pada tahun 2017.

Penempatan panel listrik ini membentuk kuda

Pambangkit listrik tenaga surya di Kubuqi, Mongolia Dalam, Tiongkok (Sumber: ordos news)

Pembangunan pembangkit listrik ini dibangun dengan indah, tidak hanya menempatkan panel-panel agat terkena sinar matahari saja, namun pola dari penempatan panel ini membentuk kuda. Alasan dari membuat pola kuda bila dilihat dari kejauhan atau dari langit ini tentu karena mempunyai sebuah alasan.

Desain ini terinspirasi oleh industri peternakan kuda dan tradisi balap kuda dari para penggembala Mongolia Dalam yang berada di dekatnya.

Diperkirakan mampu hasilkan 4 miliar Kilowatt pertahun

Ladang panel surya memang menjadi bagian dari upaya pemerintah setempat untuk mengeksplorasi sumber daya pariwisata dan energi di padang pasir. Pembangkit ini pun diharapkan akan menghasilkan empat miliar kWh setiap tahun. Tentu hal itu adalah jumlah yang sangat besar dan merupakan sebuah energi ramah lingkungan serta murah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester United Vs Inter Milan di ICC 2019: Ujian Konsistensi Setan Merah

Posted: 19 Jul 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer membeberkan kondisi timnya jelang pertandingan melawan Inter Milan Sabtu (20/7/2019) di Singapore National Stadium. Solskjaer membeberkan bahwa Romelu Lukaku harus absen di laga ini. Laga ini bisa disiarkan stasiun televisi TVRI mulai pukul 18.30 WIB.

Manchester United saat ini sudah mendatangi destinasi tur pramusim kedua mereka. Mereka berada di Singapura sejak Kamis (18/7/2019).

Pada partai uji coba sebelumnya, yaitu melawan Leeds United, Setan Merah tidak berada dalam kondisi terbaik mereka. Beberapa pemain mereka harus menepi karena mengalami cedera.

Mereka adalah Romelu Lukaku dan Luke Shaw yang diberitakan mengalami cedera ringan. Sementara De Gea harus absen karena ia sakit satu hari sebelum pertandingan melawan Leeds tersebut.

Ketika dikonfirmasi kondisi para pemain ini, Solskjaer mengatakan bahwa ada yang bisa bermain dan ada yang tidak bisa. "Tidak, dia [Lukaku] belum fit untuk bermain," beber Solskjaer dalam konferensi Pers International Champions Cup, Jumat (19/7).

"Sementara untuk dua pemain lainnya, David De Gea dan Luke Shaw mereka bisa bermain besok. Mereka sudah ikut berlatih kembali bersama kami kemarin."

Untuk laga melawan Inter Milan ini, Manchester United mendapatkan tambahan amunisi untuk menghadapi Nerrazurri. Tiga pemain mereka, Fred, Matteo Darmian dan Dean Henderson sudah menyusul ke Singapura setelah absen pada sesi pra musim di Australia karena beberapa alasan tertentu.

Pada kesempatan ini, Solskjaer mengonfirmasi bahwa ketiga pemain ini kemungkinan bisa bermain namun mereka harus memeriksa kebugaran tubuh mereka terlebih dahulu.

Di sisi lain, Inter Milan menatap laga ini dengan optimisme tinggi. Anak asuh Antonio Conte sukses meraih tiga kemenangan dalam lima pertandingan terakhir dan empat clean sheet dalam 10 pertandingan terakhir, dengan lima kemenangan di dalamnya.

Inter juga punya rekor bagus di ICC. Mereka tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan. Selain itu, mereka sukses menjaga lima clean sheet dalam 10 pertandingan ICC terakhir.

Meski demikian, menjelang laga keempat Inter Vs United, Inter diketahui belum mencetak gol ke gawang Manchester United di tiga laga sebelumnya dan kalah sekali. Kedua tim terakhir berjibaku di ICC dan bermain imbang 0-0 sebelum Manchester United menang adu penalti.

 

Komposisi Pemain dan Statistik

Gelandang Manchester United, Paul Pogba berbincang dengan rekannya Andreas Pereira selama sesi latihan terbuka jelang pertandingan tur pramusim melawan Perth Glory di Stadion Optus, Perth (11/7/2019). MU dijadwalkan menggelar tur pramusim di Australia, Tiongkok, dan Singapura. (AFP Photo/Tony Ashby)

Perkiraan Susunan Pemain:

Manchester United (4-2-3-1): Sergio Romero; Aaron Wan-Bissaka, Eric Bertrand Bailly, Victor Lindelöf, Marcos Rojo; Scott McTominay, Paul Pogba; Mason Greenwood, Juan Mata, Daniel James; Marcus Rashford

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic; Milan Skriniar, Stefan de Vrij, Danilo D'Ambrosio; Antonio Candreva, Stefano Sensi, Nicolo Barella, Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, George Puscas, Sebastiano Esposito

Pelatih: Antonio Conte

Tiga Pertemuan Terakhir:

(25/02/09) Inter Milan 0-0 Manchester United (Liga Champions)

(12/03/09) Manchester United 2-0 Inter Milan (Liga Champions)

(30/07/14) Manchester United 0-0 Inter Milan (ICC)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Plastik Dilarang Dipakai di Bali

Posted: 19 Jul 2019 08:31 PM PDT

Karyawan mengemas barang belanjaan konsumen dengan tas belanja nonplastik di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Karyawan mengemas barang belanjaan konsumen dengan tas belanja nonplastik di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Karyawan mengemas barang belanjaan konsumen dengan tas belanja nonplastik di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Karyawan mengemas barang belanjaan konsumen dengan tas belanja nonplastik di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang konsumen menggunakan tas belanja nonplastik untuk mengemas barang belanjaan di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang konsumen menggunakan tas belanja nonplastik untuk mengemas barang belanjaan di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang konsumen menggunakan tas belanja nonplastik untuk mengemas barang belanjaan di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang konsumen menggunakan tas belanja nonplastik untuk mengemas barang belanjaan di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Karyawan mengemas barang belanjaan konsumen dengan tas belanja nonplastik di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Karyawan mengemas barang belanjaan konsumen dengan tas belanja nonplastik di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang konsumen menggunakan tas belanja nonplastik untuk mengemas barang belanjaan di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang konsumen menggunakan tas belanja nonplastik untuk mengemas barang belanjaan di sebuah supermarket di Denpasar, 16 Juli 2019. Bali menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Temuan Surat dalam Botol, 2 Pria ini Jadi Bersahabat

Posted: 19 Jul 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Florida - Jika melihat film romantis mengenai temuan sebuah botol berisi sepucuk surat adalah fiksi belaka, tidak bagi pria Florida satu ini. Gary Henrickson menemukan sebotol surat yang terdampar di Pantai Santa Rosa, Florida.

"Kami pergi ke sini untuk merayakan hari Memorial Day. Saya bersama teman dari Kansas dan istrinya sedang berbincang di sisi pantai yang saat itu sebuah botol datang terombang-ambing," ujar pria tersebut.

Seperti dilansir wjhg.com, ia mengambil dan membawanya pulang untuk membuka sumbat botol.

"Isi suratnya yaitu 'Halo, 16 Juni 1995, Frankfurt, Michigan. Aku telah melemparkan surat ini ke pantai untuk membawa kebahagiaan siapapun yang menemukannya. Sebelumnya, botol whiskey ini setengah isi beberapa jam lalu, jika kamu menemukan ini, hubungi aku, dan aku kan mentraktirmu minum'," kata Henricson sambil membaca suratnya.

Henrickson pun mencoba mengirim pesan pada nomor yang tertera di sana dan membuahkan hasil. Nomor tersebut adalah benar si pemilik botol. Setelah kejadian itu diketahui Henricson dan dia menjadi teman akrab.

"Sekarang dia berusia 49 tahun. Saat itu adalah masa yang sulit, maka dari itu dia melemparnya (botol) ke Danau Michigan. Lalu kami bercerita, bagaimana bisa sampai ke pantai," lanjut Henrickson.

Mereka hanya bisa menerka sendiri bagaimana botol kaca itu bisa ke pantai. Dugaannya, botol itu terbawa dari Sungai Mississipi.

Sebelumnya, di negara kangguru, sebuah botol serupa pernah ditemukan di sepanjang pantai selatan Australia hingga ke Melbourne, seperti pada artikel berikut:

Pesan Dalam Botol dari Tahun 1969 Terdampar di Pantai Australia

Ilustrasi botol kaca (iStock)

Seorang pria Australia Selatan dan putranya, menemukan sebuah botol yang diduga berasal dari tahun 1969 di dekat pantai. Dalam benda tersebut ada secarik kertas yang berisi pesan yang dituliskan oleh penulis Inggris, Paul Gilmore, ketika dirinya berumur 13 tahun.

Laki-laki penemu itu, Paul Elliot dan buah hatinya, Jyah, mengatakan kepada radio ABC bahwa mereka menemukan botol itu di pantai barat Semenanjung Eyre baru-baru ini, ketika keduanya sedang memancing.

Dalam surat itu tertera permohonan penulis meminta tolong, bagi yang menemukan surat itu untuk membalas dan dikirim ke alamat rumahnya.

Artikel selengkapnya di sini...

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tessy Syok Nunung Ditangkap karena Narkoba

Posted: 19 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nunung Srimulat menambah daftar hitam selebritas yang terjerat kasus narkoba. Ia ditangkap Satuan Narkoba Polda Metro Jaya, Jumat (19/7/219) sekitar pukul 13.15 WIB.

Tak sendiri, Nunung Srimulat ditangkap bersama suaminya, Iyan Sambiran dengan barang bukti sabu lengkap dengan alat hisapnya.

Sebagai sahabat Nunung Srimulat, Tessy mengaku kaget berat. "Saya syok banget denger ini, kaget," ujar Tessy saat dihubungi Jumat (19/7/2019) malam.

 

Menyesal

Nunung Srimulat (istimewa)

Tessy juga sangat menyesalkan perbuatan Nunung yang harus berurusan dengan polisi karena narkoba. Terlebih karier Nunung sedang naik, namun harus terjegal dengan masalah ini.

"Tentu sangat menyesalkan ‎ya,"kata Tessy.

Doakan

Nunung dan Suami. (Adrian Putra/Bintang.com)

Tessy hanya bisa mendoakan yang terbaik buat Nunung Srimulat di tengah kasus yang saat ini tengah membelitnya.

"Kita doakan saja yang terbaik,"kata Tessy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Indonesia Open Hari Ini: Kans Ahsan/Hendra Jumpa Kevin/Marcus di Final

Posted: 19 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menempatkan dua wakilnya di nomor ganda putra pada semifinal Indonesia Open 2019, Sabtu (20/7/2019). Dua wakil tersebut adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Ahsan/Hendra akan menghadapi pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi untuk membuka kans All Indonesian Final. Pada Indonesia Open 2019, Ahsan/Hendra menempati unggulan keempat.

Sementara itu, Kevin/Marcus yang menempati unggulan pertama harus meladeni tantangan pasangan Tiongkok, Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Duel Indonesia vs TIongkok ini diprediksi seru mengingat Li/Liu adalah unggulan ketiga.

Ahsan/Hendra lolos ke semifinal setelah menumbangkan pasangan Jepang lainnya, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Tiket semifinal diraih Ahsan/Hendra dengan susah payah lantaran harus bermain tiga gim, 21-17, 16-21, dan 21-17.

Di sisi lain, laju Kevin/Marcus terhitung lebih mulus. Mereka hanya perlu bertanding dua gim 21-18, 21-18 melawan pasangan Tiongkok Ou Xuan/Zhang Nan.

Kendati berstatus tuan rumah, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) selaku induk bulutangkis nasional memang hanya mematok satu gelar. Hal itu diungkapkan Susy Susanti selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

"Pada Indonesia Open 2019, kami menargetkan satu gelar juara. Tentunya, sektor ganda putra yang saat ini berpeluang mencapai target itu," kata Susy Susanti.

 

 

Berikut Jadwal Semifinal Indonesia Open Hari Ini

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat melawan Ou Xuan Yi/Zhang Nan (China) di perempat final Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2019). Marcus/Kevin unggul 21-12, 21-16. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ganda Putra

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Li Jun Hui/Liu Yu Chen

Ganda Putri

Lee So Hee/Shun Seung Chan vs Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi

Chen Qi Chen/Jia Yi Fan vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota

Ganda Campuran

Chan Peng Soon/Goh Liu Ying vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong vs Tan Kian Meng/Lai Pei Jing

Semifinal Indonesia Open 2019

Tunggal Putri

Tai Tzu Ying vs Akane Yamaguchi

Pusarla Sindhu vs Chen Yu Fei

Tunggal Putra

Wong Wing Ki vs Anders Antonsen

Kantaphon Wangcharoen vs Chou Tien Chen

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kiswah Kakbah Diangkat Penanda Musim Haji Dimulai

Posted: 19 Jul 2019 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kain penutup Kakbah (kiswah) diangkat setinggi tiga meter, pada Kamis malam (18/7/2019). Pengangkatan kiswah Kakbah menjadi tanda dimulainya musim haji 1440 Hijriah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Yohana Harap RUU Perkawinan Soal Usia Minimal Nikah Segera Selesai

Posted: 19 Jul 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise berharap revisi RUU Perkawinan terutama soal usia minimal menikah dapat segera diselesaikan.

"Sekarang sedang dalam proses, kami berupaya agar revisi UU No.1 Tahun 1974 ini bisa diselesaikan dalam waktu dekat," kata Yohana saat ditemui di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Dia mengatakan revisi tersebut menyangkut angka minimal usia perkawinan, Kementerian PPA meminta angka tersebut dinaikkan dari minimal 18 tahun menjadi 19 tahun.

Angka tersebut, kata Yohana sesuai dengan UU Perlindungan Anak yang menyatakan usia anak adalah hingga 18 tahun.

Pembatasan usia tersebut ditetapkan untuk mencegah maraknya praktik pernikahan usia anak.

Sebelumnya Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N Rosalin mengatakan revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan bukan hanya untuk menaikkan usia perkawinan, melainkan banyak variabel lain untuk melindungi anak.

"RUU Perkawinan merupakan salah satu upaya agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga menjadi generasi yang bisa bersaing saat Indonesia Emas 2045," kata Lenny.

Menaikkan usia perkawinan untuk mencegah perkawinan anak mencakup beberapa aspek yang ujungnya adalah kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Berdampak Kesehatan

Dari aspek kesehatan, perkawinan anak akan berisiko menimbulkan komplikasi medis karena seorang anak harus hamil dan melahirkan, seperti gangguan kehamilan hingga kematian ibu dan bayi, kekurangan gizi, anak kerdil, serta gangguan kesehatan mental ibu yang masih anak-anak.

"Dari aspek pendidikan, anak yang dikawinkan akan putus sekolah. Karena itu, untuk mendukung wajib belajar 12 tahun, setidaknya seseorang harus berusia 18 tahun ke atas untuk menikah," tutur Lenny.

Karena berpendidikan rendah, anak yang dikawinkan akhirnya harus bekerja di sektor informal untuk menghidupi keluarganya. Menurut Lenny, terdapat beberapa masalah dalam hal itu, yaitu pekerja anak, serta kompetensi yang rendah yang akhirnya berpenghasilan rendah.

"Karena kompetensinya dan penghasilannya rendah, akhirnya kesejahteraan keluarganya menjadi tidak terpenuhi. Pada akhirnya akan berujung pada kemiskinan," kata dia.

Reporter : Eko Prasetya

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Mandiri Eror, Warganet Keluhkan Saldo Tabungan Berubah

Posted: 19 Jul 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pagi ini, Sabtu (20/7/2019), sejumlah nasabah Bank Mandiri mengeluhkan saldo di rekening mereka berubah tiba-tiba di Twitter.

Beberapa mendapati saldo di rekening mereka ada yang bertambah, dan ada pula yang berkurang--hingga nol.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, pencarian kata kunci "Bank Mandiri" dan "Bank Mandiri error" cukup banyak dikeluhkan warganet.

Sejumlah warganet pun mengalamatkan keluhan mereka ke akun Twitter @bankmandiri, sekaligus berusaha menghubungi layanan costumer service (CS).

Berikut ini adalah beberapa rangkuman twit warganet yang mengeluhkan saldo tabungan di Bank Mandiri mereka berubah.

Warganet Keluhkan Saldo Tabungan Berkurang

Nasabah melakukan transaksi di cabang Bank Mandiri Pertamina UPMS III, Jakarta, Rabu (28/6). Bank Mandiri memberikan layanan perbankan terbatas kepada nasabah secara bergantian pada musim liburan Idul Fitri 26-30 Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Nunung, 5 Komedian Tanah Air Ini Juga Pernah Terjerat Narkoba

Posted: 19 Jul 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari komedian Nunung Srimulat. Ia ditangkap polisi terkait penyalahgunaan kepemilikan narkotika jenis sabu. Kabar tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

Saat ditemui Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono membenarkan hal tersebut. Nunung ditangkap karena mengonsumsi narkoba jenis sabu. "Iya ditangkap terkait sabu," kata Argo.

Menurut Kabag Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Nunung ditangkap di rumahnya Jalan Tebet Timur, Jakarta Selatan. Polisi mengamankannya sekitar pukul 13.15 WIB siang tadi. Kabag Humas juga menambah komedian Nunung ditangkap bersama suaminya.

Ditangkapnya Nunung menambah daftar panjang pelawak yang tersandung kasus narkoba. Sebelumnya, beberapa komedian Tanah Air pernah dipenjara karena kasus yang sama. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 5 komedian Tanah Air yang pernah terjerat kasus narkoba, Sabtu (20/7/2019).

1. Tessy

Kabul Basuki alias Tessy sempat tidak percaya mendengar nama Rizal sebagai pengguna nakoba. Sebagai salah satu mantan pengguna nakoba, pelawak 70 tahun itu berharap semua orang menjauhi narkoba. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Kabul Basuki alias Tessy pernah tercatat sebagai pengguna narkoba tahun 2014 silam. Tessy mengakui telah mengenal barang haram tersebut sejak dirinya berkecimpung di dunia hiburan.

Keluar dari penjara Tessy pun kembali hadir di layar kaca televisi, beberapa judul sinetron ia pernah bintangi. Pelawak 71 tahun ini juga menyarankan artis-artis yang mengonsumsi narkoba untuk segera berhenti.

2. Doyok

Doyok (Sumber: Instagram/doyok178)

Sudarmadji alias Doyok pernah berurusan dengan polisi lantaran dirinya tertangkap basah mengonsumsi narkoba. Doyok ditangkap pada tahun 2000 silam dan divonis satu tahun penjara setelah terbukti memiliki narkoba jenis sabu.

Sama dengan Tessy, begitu keluar penjara, Doyok langsung mendapat pekerjaan baru lewat beberapa sinetron.

3. Polo

Polo Srimulat (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Salah satu anggota srimulat, Polo juga pernagh terjerat kasus narkoba pada tahun 2000 silam. Tak hanya sekali, Polo kembali mendekam di penjara dengan kasus yang sama pada tahun 2004.

Ia pun akhirnya dijatuhi hukuman penjara 1,5 tahun. Setelah keluar dari penjara, ia kini aktif menjadi pembicara dalam seminar dan diskusi obat-obatan terlarang.

4. Gogon

Gogon Srimulat (credit : Kapanlagi.com)

Pelawak yang terkenal dengan jambulnya, Gogon perna ditangkap atas penggunaan obat terlarang pada tahun 2007. Dalam kasus tersebut Gogon mendapatkan hukuman lima tahun dan denda Rp100 juta. 

Kini pemilik nama asli Margono sudah tutup usia pada 2018 silam di Lampung. 

5. Derry 4 Sekawan

Derry Sudarisman (Deki Prayoga/bintang.com)

Salah satu personel grup lawak Empat Sekawan, Derry pernah tertangkap basah saat berpesta sabu-sabu dan ekstasi pada tahun 2004 silam. Setelah keluar dari penjara, pelawak 53 tahun ini masih eksis di dunia hiburan hingga saat ini. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi 5 Bulan Intai Komedian Nunung Sebelum Akhirnya Ditangkap

Posted: 19 Jul 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya, July Jan Sambiran, mesti menjalani pemeriksaan intensif terkait kasus narkoba. Untuk bisa menangkap keduanya, polisi telah menghabiskan waktu lima bulan untuk pengintaian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, awalnya memang pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada peredaran narkoba di kawasan kediaman Nunung. Polisi pun mulai mengintai perilaku keduanya.

"Lima bulan (diintai)," tutur Argo saat dikonfirmasi, Sabtu (20/7/2019).

Menurut dia, penyidik kemudian menggerebek rumah Nunung di Jalan Tebet Timur, Jakarta Selatan, pada Jumat 19 Juli 2019 siang. Kaget dengan penggerebekan itu, Nunung langsung membuang narkotika jenis sabu yang baru saja dibelinya ke toilet.

"Kita masih cek, mencari yang pembelian yang baru, yang 2 gram. Masih belum kita temukan. Informasinya dibuang di kamar mandi," tutur Argo.

Selain Nunung dan suaminya, polisi juga meringkus si kurir sabu, Hadi Moheriyanto alias Hery alias Tabu.

"Penggeledahan di rumah Nunung kita mendapatkan 0,36 gram, itu adalah sisa dari pada penggunaan tiga hari lalu di sana itu. Nunung dan suaminya mengambil sabu dari Hery alias Tabu sebanyak 10 kali dalam waktu tiga bulan," jelas Argo.

Dalam keterangannya kepada penyidik, lanjut Argo, Nunung mengakui sudah lima bulan mengkonsumsi sabu. Hal itu lantaran untuk menjaga stamina tubuhnya tetap prima menghadapi padatnya aktivitas pekerjaannya sebagai artis dan komedian.

"Nunung dan suaminya mangakui memakai sabu lima bulan lalu untuk stamina dalam bekerja," jelas dia.

Kejar Pemasok Sabu

Sementara itu, polisi juga masih mengembangkan kasus yang menjerat komedian Nunung, termasuk mengejar bandar narkotika jenis sabu yang kini masih buron.

"Masih DPO di daerah Bogor sana," tutur Argo.

Menurut Argo, Nunung dan suaminya mendapatkan sabu dari kurir atas nama Hadi Moheriyanto alias Hery alias Tabu yang memasok barang haram itu dari bandar berinisial E. Dalam transaksinya, pelaku menjual sabu seharga Rp 1,3 juta per gram.

"Nunung dan suaminya mengambil sabu dari Hery alias Tabu sebanyak 10 kali dalam waktu tiga bulan," jelas dia.

Nunung diamankan di kediamannya, Jalan Tebet Timur, Jakarta Selatan, pada Jumat 19 Juli 2019 sekitar pukul 13.15 WIB siang.

"Barang bukti satu klip sabu 0,36 gram," Argo menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Ceko: Kans Rossi Bangkit Terbuka Lebar?

Posted: 19 Jul 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Praha - MotoGP musim 2019 akan memasuki seri ke-10 di sirkuit Brno, Republik Ceko. Ini adalah seri pertama setelah gelaran MotoGP sempat jeda selama tiga pekan.

Sirkuit sepanjang 5,4 km ini boleh jadi sirkuit yang cukup ramah bagi pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi. Tercatat, ia menjadi pembalap yang paling sering menang yakni lima kali.

Rossi pun diyakini akan mengambil momentum bangkit setelah belum juga meraih podium pertama di MotoGP musim ini. Ya, prestasi tertinggi The Doctor sejauh ini hanya dua kali meraih podium kedua masing-masing di Argentina dan Amerika Serikat.

Namun demikian, ambisi Rossi meraih podium pertama di Ceko sepertinya tak akan mudah terwujud. Pasalnya, Marc Marquez yang saat ini masih memuncaki klasemen tentu juga ingin juara.

Laju pembalap Repsol Honda ini masih mulus dan hanya sekali gagal mengahiri balapan. Sisanya, Marquez meraih lima kali podium pertama, dan tiga kali podium kedua.

Selain duel Rossi dan Marquez, kiprah pembalap Suzuki, Alex Rins juga patut ditunggu. Rins menjadi kejutan di musim ini setelah mendobrak dominasi trio Marquez, Rossi, dan Andrea Dovizioso.

Berikut jadwal lengkap MotoGP Ceko

Latihan Bebas

Valentino Rossi mampu memperbaiki catatan waktu lap di MotoGP Argentina (AFP)

Jumat (02/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas

18:30 WIB, Latihan Bebas

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Sabtu (03/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas

18:30 WIB, Latihan Bebas

19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Balapan

Minggu (04/08/2019)

19.00 WIB, Lomba

Sirkuit Automotodrom Brno

Live di Trans 7

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korek Informasi 3 Pemain, Persija Kantongi Kekuatan dan Kelemahan PSM

Posted: 19 Jul 2019 08:10 PM PDT

Jakarta - Persija Jakarta bisa mendapat informasi terkait PSM Makassar jelang pertemuan kedua tim di final Piala Indonesia 2019. Macan Kemayoran dapat menggunakan pengetahuan Shahar Ginanjar, Steven Paulle, dan Heri Susanto.

Ketiga pemain itu pernah memperkuat PSM untuk beberapa musim. Pelatih Persija Julio Banuelos pun berencana mengorek ketiganya untuk mendapatkan informasi mengenai kekuatan dan kelemahan PSM jelang leg pertama final Piala Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (21/7/2019).

"Jelas kami akan mencoba meminta masukan dari beberapa pemain yang pernah bermain di PSM," imbuh Julio kepada wartawan.

"Namun, kami tim pelatih sudah menganalisis kekuatan PSM dan kami berharap bisa tampil bagus dan dalam performa puncak," tutur arsitek asal Spanyol tersebut.

Dari ketiga pemain itu, hanya Shahar yang berpeluang tampil sebagai starter. Pasalnya, kiper berusia 28 tahun itu adalah deputi Andritany Ardhiyasa yang tidak akan tampil karena masih berkutat dengan cedera.

Adapun, Paulle juga mengalami keadaan yang serupa dengan Andritany. Untuk Heri, pemain asal Magelang, Jawa Tengah itu merupakan pilihan kesekian Persija untuk pos gelandang sayap.

 

Ingin Menang Tanpa Meremehkan

Bek Persija Jakarta, Steven Paulle. (Media Persija).

Julio mengaku mewaspadai ancaman PSM yang punya dendam kesumat dengan Persija. Pada pertarungan gelar Liga 1 musim lalu, Persija berhasil menyalip PSM pada dua pekan terakhir untuk menjadi juara.

"Kami tahu skuat PSM tidak jauh beda dengan musim lalu. Mereka dalam kondisi puncak pada musim lalu. Namun, saat kami bermain kandang, kami tidak boleh kalah dari mereka. Kami akan mencoba tampil maksimal dan memenangkan pertandingan," kata Julio.

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasabah Bank Mandiri Keluhkan Saldo Rekening Berubah Drastis

Posted: 19 Jul 2019 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah nasababh Bank Mandiri mengeluhkan perubahan drastis pada saldo di rekenignya. Perubahan tersebut berupa kenaikan jumlah saldo maupun berkurangnya saldo milik nasabah di rekening Bank Mandiri.

Keluhan para nasabah ini disampaikan melalui media sosial (medsos) Twitter pada Sabtu (10/7/2019) pagi ini.

Seperti diungkapkan akun @BloraDj yang meminta penjelasan kepada Bank Mandiri @bankmandiri lanataran saldo di rekeningnya berkurang secara tiba-tiba. 

"@bankmandiri @syariahmandiri tolong beri penjelasan..kenapa saldo berkurang tiba-tiba..tanpa ada history mandiri online ataupun cetak mutasi," seperti dikutip dari akun Twitter tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh akun @razor_rahendra. Dia juga menyatakan saldo di rekeningnya hilang secara tiba-tiba.

"Wah sama nih, saldo saya tiba-tiba ilang juga," ungkap akun twitter tersebut.

 

 

 

 

Selanjutnya

Akun Twitter nasabah Bank Mandiri keluhkan perubahan saldo secara drastis.

Kicauan serupa juga diungkapkan Nicky F.Amadea dengan akun @NFAmadea, @bankmandiri halo admin, ini Mandiri lagi erroya? Mau transaksi gak bisa,pas dicek saldo 0 rupiah. Ini ada apa?,"

@papadavid1982 pun mengungkapkan kekecewaannya ke akun @bankmandiri, atas kondisi layanan tersebut. "Pagi ini @bankmandiri benar-benar mengecewakan saya.Saya ingin pergi berobat, namun saat saya mencoba menarik dana dari ATM ternyata Saldo Rekening saya diblokir sepihak oleh Bank Mandiri tanpa pemberitahuan kepada saya.Akibatnya saya menjadi gagal berobat kedokter pagi ini," tuturnya.

Namun ada juga akun yang menyatakan jika saldo di rekeningnya justu bertambah. Seperti diutarakan @thedufrense yang berkicau "Gaes, @bankmandiri lagi error. Rekenin GW tiba2bertambah Rp 95 juta," ucap akun dengan nama Ismail AL Anshori.

Admin twitter @bankmandiri pun tidak tinggal diam, dalam waktu cepat langsung memberikan penjelasan terkait kondisi saldo rekening nasabah yang berkurang dan bertambah tanpa transaksi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan di Balik Lahirnya Wuling Almaz Transmisi Manual

Posted: 19 Jul 2019 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Selain menghadirkan fitur Wuling Indonesian Command Wind (WIND), PT SGMW Wuling Indonesia (Wuling Indonesia) juga menghadirkan Wuling Almaz dengan transmisi manual.

"Iya memang kami melihat ada kebutuhan di segmen itu, karena itu kami mencoba memenuhi kebutuhan konsumen dengan menghadirkan Almaz transmisi manual," kata Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors.

Saat disinggung perubahan apa saja yang terjadi pada Wuling Almaz versi manual, Dian menegaskan tak ada perubahan lain selain transmisi.

"Itu ada di varian smart enjoy. Untuk fitur dengan matik yang berada di varian yang sama itu enggak ada perubahan selain transmisi. Tapi kalau dibandingkan dengan varian exclusive tentu ada perbedaan," ujar Dian.

Wuling Almaz dibekali mesin berkonfigurasi empat silinder berkapasitas 1.500cc bensin turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 Tk dan torsi 250 Nm.

Harga

Kemudian, Transmisi manual dipercaya mampu memaksimalkan penyaluran tenaga tersebut ke roda depan yang dikawainkan dengan 6-percepatan.

Saat ini terdapat empat varian untuk Wuling Almaz yakni tujuh penumpang Smart Enjoy MT Rp263,8 juta, Almaz Smart Enjoy CVT Rp275,8 juta, Almaz lima penumpang Exclusive Rp328,8 juta, dan Almaz Exclusive tujuh penumpang Rp338,8 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PAN: Di Luar Pemerintahan, Kita Sesak Napas

Posted: 19 Jul 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, jika berdasarkan sejarahnya partainya selalu berada di dalam pemerintahan. Baru saat 2019, pihaknya memilih menjadi oposisi.

"Memang kalau kita lihat saat ini, kita bicara historis, dari berdirinya PAN sampai dengan tahun 2018 kemarin, PAN itu belum pernah berada dalam oposisi. Hanya di tahun 2019, pemilu, PAN pertama kali berada di luar pemerintahan," kata Eddy di kantor Para Syndicate, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Menurut pandangan pribadinya, berada di luar pemerintahan, kurang hampir setahun, merasa sesak nafas.

"Saya kira itu, baru kita merasakan di luar pemerintah seperti apa. Kalau ditanya pandangan pribadi ketika itu selama 10 bulan, kita berada di luar pemerintahan, ya pendapat pribadi saya, sesak nafas. Bukan berarti karena kita sesak nafas patah semangat. Tidak bisa menunjukkan jati diri dan identitas partai," jelas Eddy.

Karenanya, semuanya soal sikap politik PAN akan disampaikan dalam Rakernas ke depan, yang tak lama lagi akan dilaksanakan.

"Apapun yang kita akan putuskan besok dan opsinya saya kira sudah jelas. Berada di oposisi yang tidak bergabung dengan pemerintah, bergabung dengan pemerintah, atau kita berada di tengah-tengah konstruktif kritis," pungkasnya.

Tak Akan Minta Jatah menteri

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan partainya tidak akan meminta jatah kursi menteri pada presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Meminta jatah kursi menteri pada presiden, kata dia, tidak sesuai dengan aturan konstitusi.

"Ini kan MPR, MPR itu mengerti aturan ya. termasuk kami juga justru engga boleh minta-minta itu," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Zulkifli menjelaskan, dalam konstitusi kedaulatan ada ditangan rakyat. Tetapi kedaluatan itu sudah diserahkan melalui mandat ke Jokowi.

"Kalau menurut ketentuan konstitusi itu yang berdaulat itu rakyat, rakyat sudah memberikan kedaulatan kepada Pak presiden terpilih Pak Jokowi. Itu sepenuhnya hak presiden," ungkapnya.

Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan partainya belum mendapatkan tawaran posisi menteri dari Presiden Joko Widodo. Menurutnya, PAN juga tidak dalam posisi meminta-minta jabatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Makin Tua Makin Ganteng

Posted: 19 Jul 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Representasi ungkapan 'usia semata angka' sebenarnya bisa menyangkut banyak hal. Tapi, penampilan, termasuk yang diperlihatkan sejumlah pesohor berusia bisa dikatakan tua berikut, jadi salah satu yang paling mudah teridentifikasi.

Usia yang makin senja nyatanya tak membuat faktor menarik hilang dari penampilan mereka. Malah, kalau dilihat-lihat, makin menawan. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya yang kian menawan seiring pertambahan usia yang dirangkum Liputan6.com.

Colin Firth

Penggemar film Bridget Jones's Diary (2001), Bridget Jones: The Edge of Reason (2004), dan Bridget Jones's Baby (2016), tentu sudah tak asing dengan aktor satu ini. Usia yang sudah berada di angka 58 tahun tak membuat Colin Firth kehilangan pesona.

Lelaki yang dikenal lewat karakter Mark Darcy ini malah terlihat makin thoughtful. Karismanya sering disebut-sebut makin kuat dan membuat sekian banyak penggemar tak pernah bosan melihat wajah Colin.

Jeremy Thomas di preskon film Mata Batin 2. (Adrian Putra/Bintang.com)

Jeremy Thomas

Usia setengah abad juga tak memudarkan pesona aktor senior Indonesia, Jeremy Thomas. Penampilannya dengan berewok dan gaya busana necis tak pernah gagal membuat publik berdecak kagum, bahkan tak segan memuji.

Serasi dengan istrinya yang juga awet muda, deretan unggahan di akun Instagram Jeremy ramai dengan ungkapan kekaguman warganet. "Makin tua malah tambah bikin deg-degan ya," komentar salah seorang penghuni jagat maya.

Pesona yang Tak Pernah Luntur

Gemas banget! Aktor Wolverine, Hugh Jackman, mengajak anjingnya yang berjenis French Bulldog jalan-jalan. (Jayme Oak/Broadimage/USMagazine)

Hugh Jackman

Sepantaran dengan Jeremy Thomas, aktor asal Australia, Hugh Jackman, juga sering kali membuat orang tak sadar bahwa usianya sudah mencapai 50 tahun. Kondisi badan yang masih prima jadi nilai plus yang selalu disorot publik.

Pemain film Logan ini malah sering disebut memperlihatkan wajah lebih tampan di usianya yang makin senja. Pandangan mata Hugh lebih dalam dan sering kali mencuri hati tak sedikit penggemar karenanya.

Ari Wibowo. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Ari Wibowo

Sudah sangat akrab dengan kebanyakan orang Indonesia, tak sulit membayangkan wajah Ari Wibowo sesaat seketika nama sang aktor senior disebut. Super awet muda, pesonanya malah makin menjadi di usia 48 tahun.

Lelaki kelahiran Berlin, Jerman, ini juga masih aktif dalam dunia hiburan dengan mengambil lakon dalam sebuah sinetron. Kepribadiannya yang diketahui sangat sederhana juga jadi faktor yang selalu membuat publik kagum.

Usia Tua yang Malah Tambah Karisma

Perdana menteri Spanyol, Pedro Sánchez Pérez-Castejón, menghadiri European Council Summit di The Europa Buildin, Brussels, Belgia, 20 Juni 2019. (JULIEN WARNAND / POOL / AFP)

Pedro Sánchez Pérez-Castejón

Tak hanya dari dunia hiburan, ranah politik juga punya 'wakil' bila berbicara tentang lelaki tampan. Salah satu yang cukup sering jadi topik hangat perbincangan publik adalah Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sánchez Pérez-Castejón.

Melansir dari Business Insider, Jumat (19/7/2019, namanya mulai ramai dibicarakan masyarakat luas setelah terpilih sebagai perdana menteri pertengahan tahun kemarin. Setiap muncul ke tengah publik, tak jarang penampilan lelaki 47 tahun ini jadi buah bibir.

Ferry Salim di Indonesian Movie Actors Awards 2019 (Adrian Putra/Fimela.com)

Ferry Salim

Kembali ke ranah hiburan, usia tua juga tak memudarkan pesona aktor senior Ferry Salim. Di usia menginjak 52 tahun, lelaki kelahiran Palembang, Sumatra Selatan ini masih sering jadi sorotan karena tampilan kecenya.

Wajah yang awet muda dan mengenakan busana tetap up-to-date membuat tampilan Ferry selalu menawan. Saking memesona, dalam sederet potret, ia sering disebut seperti adik-kakak dengan putranya, Brandon Salim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Usia 24 Tahun... 6 Fakta Miss Moskow yang Dikabarkan Dicerai Eks Raja Malaysia

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan Kepala Monarki sekaligus Kepala Negara Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V, dikabarkan menikah dengan pemenang kontes kecantikan Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina di tengah cuti dari tugas kerajaan dengan alasan medis pada November 2018 lalu.

Media besar Malaysia, seperti New Strait Times dan Sinar Harian, telah memublikasikan berita tentang pernikahan itu lewat situs daring mereka masing-masing. Namun tampaknya, berita yang dimaksud telah ditarik dari peredaran.

Sosok Oksana Voevodina kemudian jadi sorotan karena menikahi Raja Malaysia. Belakangan, dirinya kembali jadi buah bibir karena rumor perceraiannya yang hingga kini belum ada klarifikasi.

Berikut ini 5 fakta Oksana Voevodina, wanita cantik yang kabarnya ditalak tiga oleh raja Malaysia, Liputan6.com kutip dari beragam sumber, Jumat (19/7/2019):

1. Menikah dengan Gabungan Tradisi Malaysia dan Rusia

Upacara pernikahan Oksana Voevodina dan Sultan Muhammad V berlangsung pada 23 November 2018 di Barvikha Concert Hall, Moskow, Rusia. Meski terkesan tertutup, media sosial menyambut baik berita tersebut.

Pernikahan kerajaan, yang menggabungkan tradisi Melayu dan Rusia, diadakan di Barvikha Concert Hall di Moskow, Rusia, demikian seperti dikutip dari outlet media gaya hidup Malaysia, Hype.my, Minggu 25 November 2018.

Sedikit yang diketahui tentang pernikahan kerajaan itu, dengan sejumlah media Malaysia minim merilis pemberitaan.

2. Memiliki Nama Baru Setelah Memeluk Islam

Pernikahan Sultan Muhammad V dari Malaysia dan Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina (23/11) (Islamnews.ru / Russian Islamic Media Agency)

Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina dilaporkan memeluk Islam sebelum menikahi Sultan Muhammad V.

Ia kemudian menggunggah fotonya, mengenakan jilbab, di samping suami yang baru dinikahinya. Setelah jadi mualaf Oksana Voevodina punya nama baru: Rihana.

3. Buka Instagram

Pada 3 Juni 2019 ini, Rihanna membuka akun Instagram baru yang diverivikasi dengan centang biru. Di dalamnya berisi sejumlah foto diri dan saat bersama pasangannya Sultan Muhammad V.

Di tengah kabar perceraiannya, ia mengunggah video singkat yang justru menunjukkan keromantisan mereka.

 

3. Berkarier di Dunia Model

Sultan Muhammad V dari Malaysia dan Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina. (dok. Instagram @rihanapetra/https://www.instagram.com/p/By2_4azCk0Y/Putu Elmira)

Sebelum menikah dengan Raja Malaysia, ia bekerja sebagai model di China dan Thailand, serta sempat berpartisipasi dalam sebuah reality show televisi di mana ia digambarkan menjalin asmara pada sesama kontenstan, lengkap dengan adegan asmara mereka.

Konon, kisah-kisah yang dianggap 'cabul', foto-fotonya sebagai model, dan penampilannya di televisi dinggap menodai citra Sultan Muhammad V di kalangan Muslim konservatif, yang merupakan mayoritas di negara asalnya, Kelantan.

4. Gagal jadi Permaisuri Kerajaan Malaysia

Desas-desus yang beredar terdengar bahwa raja-raja di Negeri Jiran dilaporkan tak menyetujui penobatan Oksana Voevodina sebagai permaisuri Kerajaan Malaysia.

Tanpa sebab yang digembar-gemborkan, Sultan Muhammad V akhirnya turun takhta. Ia kembali ke Kelantan, memimpin kerajaan dan rakyat di wilayah yang ada di timur laut Semenanjung Malaysia.

Oksana Voevodina pun gagal jadi Permaisuri Kerajaan Malaysia.

 

5. Lebih Muda 24 Tahun dari Suaminya

Banner Infografis Raja Malaysia Turun Takhta demi Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)

Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina disunting Sultan Muhammad V yang kala itu Raja Malaysia saat dirinya masih berusia 25 tahun. Saat itu sang suami sudah hampir setengah abad, berumur 49 tahun.

Kabar pernikahan pasangan beda usia 24 tahun itu ramai di media sosial. Sejumlah media Malaysia sempat mengabarkannya, sebelum menarik artikel soal itu. Sementara, pihak istana memilih diam, Perdana Menteri Mahathir Mohamad pun mengaku tak tahu.

6. Dirumorkan Cerai Setelah Melahirkan

Oksana Voevodina, Miss Moscow 2015 bersama sang buah hati. (dok. Instagram @rihanapetra/https://www.instagram.com/p/ByrlX-nC7F9/Putu Elmira)

Kabar perceraian Sultan Kelantan Muhammad V dan Oksana sejatinya sempat tersebar pada Januari 2019 lalu. Namun, rumor ini dengan cepat dibantah dan berlalu begitu saja. Pihak Oksana yang diwakili sang ayah dan direktur Miss Moscow menampik kabar keretakan hubungan keduanya.

Dilansir dari The Star, Selasa 16 Juli 2019, sebuah dokumen perceraian yang menunjukkan atas nama perempuan Rusia, Rihana Oksana Gorbatenko telah sah diceraikan talak tiga.

Dokumen perceraian diyakini telah diajukan pada 22 Juni 2019 lalu di Singapura. Permohonan perceraian baru disahkan oleh Pengadilan Syariah pada 1 Juli 2019. Perceraian ini terjadi beberapa pekan setelah sang istri melahirkan anak pertama mereka.

Kendati demikian, hingga kini belum ada keterangan resmi dari kedua pihak.

Istana Kelantan sejauh ini baru mengeluarkan pernyataan untuk menegur praktik menyebut orang-orang tertentu sebagai "Permaisuri of Kelantan", "Raja Perempuan Kelantan", "Sultanah Kelantan" atau "Ratu Kelantan" tanpa penganugerahan resmi dari istana.

Pernyataan itu secara luas berspekulasi untuk ditargetkan pada laporan dan posting media sosial yang menyebut Rihana sebagai "ratu" atau gelar kerajaan lainnya.

"Yang Teramat Mulia Dr Tengku Muhammad Faiz Petra Ibni Sultan Ismail Petra adalah Tengku Mahkota Kelantan, dan ibu Yang Mulia Sultan Muhammad V, Yang Maha Mulia Tengku Anis Almarhum Tengku Abdul Hamid diberi gelar Raja Perempuan Tengku Anis," ujar Pengawas Keuangan Rumah Tangga Kelantan Nik Mohd Shafriman Nik Hassan dalam pernyataan itu.

Sumber mengatakan keluarga kerajaan Kelantan juga terganggu oleh posting Instagram Rihana di mana ia menyatakan harapan bahwa suatu hari putranya akan menjadi putra mahkota negara dan "raja masa depan Malaysia".

"Pemahaman yang tidak jelas tentang adat istiadat kerajaan seperti itu sangat tidak pantas. Anda harus menjadi raja untuk menjadi Raja Perempuan Kelantan," kata sumber lain yang dekat dengan lingkaran kerajaan. 

Sementara Rihana malah memposting video romantis saat bersama mantan raja Malaysia itu.

 
 
 
View this post on Instagram

...

A post shared by Rihana Oksana Petra (@rihanapetra) on

Setelah gagal jadi Permaisuri Kerajaan Malaysia, apakahh ia juga tak akan bisa jadi Raja Perempuan Kelantan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Bangkalan Buka Suara soal Tudingan Curang dari Nizar Gerindra

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bangkalan - Ketua KPU Kabupaten Bangkalan, Zainal Arifin menggelar jumpa pers di kantornya, Kamis malam, 18 Juli 2019 untuk membantah berbagai tuduhan Arif Sulaiman. Pengacara Nizar Zahro itu menuding KPU Bangkalan berbuat curang, sehingga Nizar, caleg DPR RI Partai Gerindra dari daerah pemilihan Pulau Madura itu gagal lolos ke Senayan untuk periode kedua.

Tak hanya membantah, KPU Bangkalan juga tengah mengkaji apakah ada unsur pidana dalam pernyataan Arif Sulaiman yang beredar luas di media online itu. Zainal juga telah meminta masukan dari KPU Jatim dan KPU RI ihwal tudingan tersebut.

Bila ditemukan unsur pidana dan kemudian langkah hukum atas temuan itu direstui KPU RI, Zainal menegaskan akan melaporkan Arif Sulaiman ke polisi.

"KPU itu lembaga bersifat hierarki, tidak bisa bertindak sendiri tanpa persetujuan lembaga di atasnya," kata dia.

Tudingan Arif Sulaiman

suasana rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 di kantor KPU Bangkalan. (liputan6.com/Musthofa Aldo)

Perseteruan Arif Sulaiman versus KPU Bangkalan ini bermula Senin, 15 Juli lalu usai sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di Mahkamah Konstitusi yang menyidangkan Gugatan Nizar Zahro kepada Zainuddin Amali, Caleg DPR RI dari Partai Golkar.

Dalam sidang itu, Arif menilai, KPU Bangkalan selaku termohon lebih banyak pasif. Sebaliknya, Bawaslu Bangkalan selaku pihak terkait justru lebih aktif menyodorkan data C1 pembanding.

Menurut Arif, dari data yang dibacakan Bawaslu Bangkalan itu perolehan suara kliennya tercatat hanya 8.000 suara. Padahal, berdasarkan data C1 asli kliennya mestinya lebih dari 35 ribu suara. Perbedaan yang jomplang itulah, diyakini Arif akibat pemalsuan dokumen C1. Di sejumlah desa, perolehan suara untuk Nizar berdasar C1 versi Bawaslu malah nihil.

Jawaban KPU Bangkalan

Suasana pencoblosan pada Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Bangkalan. (liputan6.com/Musthofa Aldo)

Bagi Ketua KPU Bangkalan Zainal, tudingan-tudingan Arif Sulaiman tidak berdasar. Menurut dia, pemilih pasif atau aktif dalam suatu persidangan adalah bagian dari strategi pengacara KPU dalam memenangkan sebuah perkara.

Lagi pula, sewaktu membuka kotak suara untuk dibawa ke MK sebagai barang bukti, Bawaslu dan polisi turut menyaksikan.

"Yang terpenting, dalam salinan jawaban ke majelis hakim, jawaban kami sangat rinci. Termasuk data C1 dalam kotak suara, juga kami serahkan semua," kata dia.

Maka dia pun tak yakin bila dalam data Bawaslu perolehan Nizar Zahro hanya 8.000 suara. Sebab dalam DB1, perolehan Nizar di Bangkalan sebanyak 22.990 suara.

"Dokumen itu ada dua, yang salinan dan yang hologram. Yang salinan itu sangat mungkin diubah. Yang asli yang berhologram," ungkap Zainal.

Dalam laman resmi MK, Nizar Zahro menggugat Zainudin Amali karena suaranya berkurang sebanyak 37.992 suara. Nizar menduga suaranya beralih ke politikus Golkar itu. Berdasarkan dokumen C1 yang dimiliki Nizar, total suaranya berjumlah 246.682 suara. Sementara menurut data KPU, Nizar hanya mengantongi 208.690 suara.

Di sisi lain, suara partai Golkar di dapil XI Jatim melonjak. Berdasarkan data C1 versi Nizar, Golkar hanya mendapatkan 151.153 suara. Namun, berdasarkan data yang dirilis KPU, Golkar mengantongi suara sebesar 212.081 suara. pertambahan suara inilah yang diyakini Nizar berasal dari suara pemilihnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nunung Srimulat Ditangkap Atas Kasus Narkoba, Netizen Mengaku Kaget

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari pelawak Nunung yang baru saja ditangkap terkait penggunaan narkoba. Wanita bernama asli Tri Retno Prayudati ini ditangkap bersama sang suami, July Jan Sambiran atau Iyan, di rumahnya pada Jum'at (19/7) kemarin.

Polisi menyita sejumlah barang bukti berupa sabu seberat 0,36 gram. Dari hasil pemeriksaan baik Nunung dan sang suami dinyatakan positif narkoba. Keduanya bahkan mengaku telah mengonsumsi narkoba jenis sabu sejak 5 bulan lalu.

Kepada polisi, Nunung dan Iyan juga mengaku menggunakan narkoba untuk menambah stamina. Jadwal yang padat membuat mereka mencari cara agar tetap bisa tetap tampil fit.

"Mengakui memakai sabu 5 bulan lalu untuk stamina dalam bekerja," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangannya, Jumat (19/7).

Tentu saja kabar penangkapan Nunung membuat banyak pihak kaget. Terlebih lagi para fans dan juga warganet. Hal ini bisa dilihat dari beragam reaksi mereka di sosial media khususnya Twitter.

 

Reaksi Warganet Atas Penangkapan Nunung

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerebek Pesta Mesum hingga Perampokan Minimarket di Surabaya Jadi Sorotan

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di Surabaya dan sekitarnya terjadi beberapa kasus kriminal pada pekan ini yang menyita perhatian. Kasus kriminal tersebut mulai dari perampokan minimarket yang terjadi berturut-turut di Surabaya. Ciri-ciri pelaku perampokan tersebut memiliki kesamaan.

Selain perampokan, polisi menggerebek acara bertajuk party happy seks yang digelar di Room Villa Salsa lantai dua Dusun Genengsari, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Tak hanya itu, ada sejumlah kasus kriminal yang jadi sorotan. Liputan6 merangkum kasus kriminal pekan ini seperti ditulis Sabtu, (20/7/2019):

1. Perampokan Minimarket Kembali Terjadi di Surabaya

Perampokan minimarket terjadi kembali di Surabaya. Kali ini perampokan terjadi di Jalan Kenjeran, Surabaya, pada Rabu, 17 Juli 2019 sekitar pukul 23.30 WIB.

Sebelumnya, sebuah minimarket di Jalan Tambak Deres juga menjadi sasaran perampokan pada Senin, 15 Juli 2019, sekitar pukul 03.00 WIB.AKBP Sudamiran Kasatreskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, ciri-ciri pelaku dari kedua perampokan tersebut sama.

"Iya sama. Masih kita dalami dan dalam penyelidikan, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita tangkap," ujar Sudariman pada Kamis, 18 Juli 2019, seperti dikutip dari laman suarasurabaya.net.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Polda Jatim Gerebek Pesta Mesum Pasuruan

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) menggerebek sebuah acara bertajuk party happy seks yang digelar di Room Villa Salsa lantai dua Dusun Genengsari, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

"Dari hasil penggerebekan ini, kami menetapkan koordinator acara berinisial AK (44) asal Sambikerep Surabaya," tutur Kanit V Subdit III Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim, AKP M Aldy Sulaiman, Kamis, 18 Juli 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Polda Jatim Bongkar Transaksi Jual Beli Online Fiktif

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim membongkar kasus jual beli online secara fiktif yang dilakukan di salah satu e-commerce.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol, Frans Barung Mangera menuturkan, kejadian tersebut terjadi di dua daerah yaitu Malang dan Kabupaten Tulungangung Jawa Timur sekitar 14 Januari-9 April 2018.

"Kasus ini melibatkan tersangka berinisial S alias SHB (23) asal Blitar, yang dijadikan tersangka. Sedangkan tersangka CDP (30) asal Kota Malang, tersangka ZNH (32) wanita asal Tulungagung dan AR (41) wanita asal Malang, ketiganya dikenakan wajib lapor," tutur Barung di Mapolda Jatim, Kamis, 18 Juli 2019.

Barung menuturkan, modus operandi terjadi saat Tokopedia membuat promo cashback, tersangka S alias SHB pemilik dan atau pengguna akun di salah satu e-commerce dengan nama original Mr. Crab (berperan sebagai penjual) bekerjasama dengan tersangka CDP, ZNH, dan AR (berperan sebagai pembeli) untuk melakukan transaksi jual beli fiktif di salah satu e-commerce.

Pasal yang disangkakan Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 Informasi dan Transaksi Elektronik.

Berita selengkapnya baca di sini

4. Kantor DPD Partai Berkarya Surabaya Dibobol Maling

DPD Partai Berkarya Kota Surabaya mengalami kerugian sekitar Rp 60 juta-Rp 70 juta karena kantor dibobol maling. Barang-barang berharga raib tak bersisa.

Peristiwa yang terjadi di Jalan Kutisari 54-55 Surabaya pertamakali diketahui oleh Hakim Ketua DPD Partai Berkarya Kota Surabaya, Usman Hakim sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis, 18 Juli 2019, demikian dilansir suarasurabaya.net.

Usman menuturkan, sore itu ia hendak mengambil berkas-berkas penting yang ada di kantornya. Ia tidak merasa curiga karena kondisi kantornya terlihat baik dari luar. Namun, ketika masuk, barang-barang seisi kantor sudah tidak ada.

"Yang hilang meja pimpinan dua, kursi, ijazah, AC, komputer, kipas angin dan rekening-rekening bank," tuturnya.

Saat ditanya perihal kerugian dari pembobolan tersebut, Usman menyebutkan jika kerugian ditaksir Rp 60 sampai Rp 70 juta.

Berita selengkapnya baca di sini

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Universitas Indonesia)

Saksika Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wow! Pria Ini Jadikan Saham Mayora sebagai Mahar Pernikahannya

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jika dahulu banyak orang yang menjadikan uang atau bahkan emas sebagai mahar pernikahannya, namun saat ini berbeda. Banyak orang yang semakin kreatif saja dalam memilih benda atau hal yang ingin dijadikan maharnya, seperti seorang pria di Sumatra Utara ini.

Dilansir dari akun instagram resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) perwakilan Sumatra Utara @idx_sumut, pria tersebut merupakan Muhammad Fadhli Lubis yang memberikan sang istri 10 lot saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR).

"Bertambah satu lagi Investor Sumatera Utara yang menggunakan Saham sebagai Hadiah Pernikahannya. Selamat kepada kakak Rizki Annisa, S.TP & Muhammad Fadhli Lubis S.Kom.," tulis IDX Summut melalui akun instagramnya.

Pernikahan ini pun dilangsungkan di Kota Padang, Sidempuan, Sumatera Utara pada 13 Juli lalu. Tentunya mahar saham vini banyak membuat orang kaget dan terheran-heran.

"Semoga menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warrahmah. Amiin.." tulis @idx_summut

 

Pria Ini Beri Saham Mayora sebagai Mahar Pernikahannya

Berdasarkan dari data perdagangan Jumat kemarin, harga saham MYOR menguat 110 poin atau 5,21 persen dan berada pada level Rp 2.220 per saham. Dengan begitu berarti, harga mahar tersebut saat ini mencapai Rp 2,22 juta.

Namun ternyata, sebelumnya sudah ada pasangan yang melakukan hal ini. Dilansir dari laman IDXC, beberapa bulan lalu terdapat pasangan muda yang menjadikan saham Bank Mandiri (BMRI) dan ACE Hardware Indonesi (ACES) sebagai maharnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arswendo Atmowiloto Meninggal, Para Bintang Film Keluarga Cemara Berduka

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Arswendo Atmowiloto pada Jumat (19/7/2019) merupakan kehilangan besar bagi industri hiburan Tanah Air. Selain melahirkan sejumlah buku sastra, Arswendo Atmowiloto melahirkan serial televisi legendaris Keluarga Cemara.

Awal tahun ini, Keluarga Cemara diangkat ke layar lebar dengan bintang Nirina Zubir, Ringgo Agus Rachman, Zara JKT48, dan Widuri Puteri. Film yang dirilis Januari 2019 ini mencetak box office lantaran mengumpulkan 1,7 juta penonton lebih.

Beberapa jam setelah kabar meninggalnya Arswendo Atmowiloto tersebar, para pemain film Keluarga Cemara mengungkapkan duka cita mendalam lewat medsos. Nirina Zubir, pemeran Emak, berterima kasih kepada Arswendo Atmowiloto lewat Instagram Stories.

Dengan latar warna hitam, Nirina Zubir berujar, "Thank you for the inspiration (terima kasih untuk inspirasinya -red), selamat jalan Mas Arswendo." 

 

Terima Kasih

Ringgo Agus Rahman bersama Arswendo Atmowiloto (Foto: Instagram/@ringgoagus)

Suami Nirina Zubir di film Keluarga Cemara, Ringgo Agus Rachman, juga menyampaikan ungkapan duka cita. Ringgo Agus Rachman mengunggah foto bersama Arswendo Atmowiloto.

Di foto itu, Ringgo Agus Rachman dan Arswendo Atmowiloto mengenakan baju hitam. Menyertai foto itu, pemeran Abah menulis, "Selamat jalan, Mas. Terima kasih buat semua karya-karya inspiratifnya. Semoga diberikan kesabaran yang luar biasa untuk keluarga yang ditinggalkan."

 

Beri Doa

Zara JKT48

Pemeran Euis, Zara JKT48, juga mengunggah pernyataan bela sungkawa atas kepergian Arswendo Atmowiloto. Zara JKT48 mengunggah foto Arswendo Atmowiloto tengah berbaring di ranjang, ditemani tiga kreator film Keluarga Cemara.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Selamat jalan Om Arswendo, semoga diterima amal ibadahnya di sisiNya. Amin, al-fatihah," ungkap Zara JKT48 diakhiri emoji dua telapak tangan yang menangkup.

Selamat jalan, Mas Wendo.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Respons Unik Kaesang ke Pencibir Jokowi Viral

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara unik Kaesang Pangarep dalam merespons warganet yang mencibir ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) viral di Twitter.

Berita ini pun menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (19/7/2019) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah menuai perhatian datang dari Gofleet, layanan sewa mobil khusus hasil kolaborasi Gojek dengan Astra.

Lebih lengkapnya simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Warganet Cibir Jokowi, Kaesang Pangarep: Sang Pisangnya Kakak

Pada Jumat (19/7/2019), Twitter diramaikan dengan cara unik Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membalas nyinyiran warganet yang dialamatkan kepada ayahnya.

Bukannya balik mengomentari warganet tersebut, Kaesang malah mempromosikan "Sang Pisang", usaha kuliner miliknya.

Hingga berita ini diturunkan, twit Kaesang sudah mendapatkan retweet dari warganet hingga 5,3 ribu dan 18,3 ribu yang menyukai komentarnya di Twitter.

Baca selengkapnya di sini

2. Gofleet, Layanan Sewa Mobil Khusus Hasil Kolaborasi Gojek dan Astra

Perusahaan patungan PT Astra International Tbk (ASII) dan Gojek, PT Solusi Mobilitas Bangsa (SMB), baru saja meluncurkan solusi mobilitas roda empat bernama Gofleet.

Gofleet merupakan penyelenggara layanan angkutan sewa khusus yang menyediakan solusi mobilitas berkualitas bagi mitra driver jasa transportasi online pintu ke pintu di Indonesia, dalam bentuk penyediaan kendaraan, perawatan, layanan perbaikan, perlindungan asuransi, dan monetisasi kendaraan melalui pemasangan iklan.

"Gofleet merupakan wujud nyata dari kemitraan strategis antara Astra dan Gojek yang dimulai sejak investasi kami di Gojek pada Februari 2018," kata Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto melalui keterangannya, Jumat (19/7/2019)

Baca selengkapnya di sini

3. Kaspersky Angkat Bicara soal Keamanan Data di Aplikasi FaceApp

FaceApp. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Fenomena FaceApp kembali populer setelah meluncur pertama kali dua tahun sebelumnya. Namun, kepopulerannya berbuntut panjang.

Di balik ketenaran aplikasi ini, banyak masyarakat juga mempertanyakan bagaimana keamanan data para penggunanya.

Menjawab hal tersebut, Kaspersky memberikan langkah-langkah proaktif dan rekomendasi bagi para pengguna agar terhindar dari risiko keamanan yang berbahaya.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Persib Bandung Masih Terpuruk

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung untuk sementara berada di peringkat ke-11 klasemen Shopee Liga 1 2019 pada pekan ke-8. Ini tak terlepas dari hasil kurang mengesankan Persib dalam lima laga terakhir mereka.

Tim polesan Robert Rene Alberts hanya meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhir. Sisanya, mereka dua kali kalah dan dua kali imbang.

Persib sejauh ini baru mengumpulkan 10 poin. Maung Bandung -julukan Persib- tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen Shopee Liga 1 2019, Tira Persikabo.

Munculnya Tira Persikabo sebagai pemuncak klasemen terhitung kejutan. Pasalnya, Bali United lah yang awalnya perkasa dengan duduk di puncak hingga pekan ke-6.

Tira Persikabo sukses menyalip Bali United berkat hasil mengesankan. Hingga pekan ke-9, Tira Persikabo meraih lima kemenangan dan empat hasil imbang.

Pada pekan ke-10, skuat asuhan Rahmad Darmawan (RD) akan meladeni Persebaya Surabaya di Gelora Bung Tomo, Minggu (21/7/2019). Tim tuan rumah butuh kemenangan setelah tiga laga terakhir tak meraihnya.

Berikut klasemen Shopee Liga 1 selengkapnya

Klasemen Sementara Shopee Liga 1 2019

Klasemen Liga 1 2019

Cuplikan Persib vs Kalteng Putra

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jenis Sayuran Yang Baik untuk MPASI

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Makanan Pendamping ASI (MPASI) diberikan kepada sang buah hati saat usianya genap 6 bulan. Bahan yang digunakan untuk membuat MPASI ada baiknya berupa sayur dan buah.

"Semakin dini dikenalkan semakin baik. Maka mulai kebiasaan makan buah dan sayur sejak anak berusia enam bulan dari MPASI," tutur dokter spesialis anak Frieda Handayani Kawanto.

Nah, kepada ibu yang ingin membuat makanan pendamping ASI untuk sang buah hati, ada beberapa jenis sayuran yang disarankan untuk dapat diolah menjadi MPASI.

Apa sajakah jenis sayuran untuk MPASI dan apa saja manfaat yang didapatkan? Yuk, simak selengkapnya di channel Smartmama di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Zack Pinsent, Tampil Bak Pangeran Abad 19

Posted: 19 Jul 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal Inggris, Zack Pinsent, berpakaian ala bangsawan abad ke-19. Ia mengenakan pakaian tersebut sehari-hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wuling Memanjakan Pengunjung dengan Inovasi dan Experience di GIIAS 2019

Posted: 19 Jul 2019 07:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pabrikan mobil asal negeri Tiongkok terus menunjukkan eksistensinya di pasar otomotif tanah air, kali ini lewat pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang diselenggarakan pada 18-28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City.

Di ajang tersebut Wuling menampilkan 10 unit display, antara lain dari seri Confero S, The Real Spacious Family MPV, yang bermain di segmen MPV; Cortez CT, The New Advanced MPV, yang merupakan varian terbaru dari seri Cortez di kelas medium MPV; serta Almaz, Drive Unlimited Way, yang berada di pasar medium SUV.

Wuling menampilkan 10 unit display di GIIAS 2019.

"Sejalan dengan tema GIIAS 2019, 'Future in Motion', kami dengan bangga mempersembahkan inovasi modern di World of Wuling. Kehadiran beragam produk kami selalu didasari oleh kebutuhan para pelanggan, kali ini kami akan melaju menuju masa depan dengan melakukan peningkatan teknologi pintar serta menghadirkan kendaraan yang terkoneksi dan terintegrasi bagi para konsumen dengan semangat Drive For A Better Life," terang Dian Asmahani selaku Senior Brand Manager Wuling Motors.

Pengunjung dapat mencoba berkendara bersama teknologi terbaru Wuling, yaitu Wuling Indonesian Command (WIND).

Pengunjung juga diajak mencoba inovasi berkendara masa depan secara virtual melalui simulator yang tersedia di booth. Selah ingin terus memanjakan pengunjung, Wuling menyiapkan promo istimewa bagi pengunjung yang melakukan pembelian selama pameran berlangsung. 

Pengunjung berkesempatan untuk mengikuti Lucky Dip yang berhadiah voucher belanja, smartphone, smart LED TV, emas, hingga sepeda motor. Di samping itu, Wuling menggelar aktivitas digital bertajuk 'Tap & Win'  dimana calon konsumen dapat melakukan pemesanan kendaraan secara online dengan mengisi formulir pemesanan di www.wuling.id/GIIAS2019.

Setelah mengisi dan mengirim formulir, peserta akan mendapatkan kode unik yang harus ditunjukkan saat melakukan pembelian di GIIAS 2019 untuk memenangkan hadiah langsung berupa smartphone, voucher belanja, e-money, kamera, dan cashback. Promo dan kegiatan ini hanya berlaku di GIIAS 2019 dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Test Drive

Penasaran ingin merasakan performa mobil besutan Wuling? Ya, Anda tak perlu penasaran karena Wuling telah menyiapkan 4 unit test drive, yakni 2 unit Almaz, 1 unit Cortez CT, dan 1 unit Confero S ACT.

Selain itu, Wuling pun menyediakan varian terbaru Almaz di Beyond Mobility Area agar para pengunjung dapat mencoba berkendara bersama teknologi terbaru Wuling, yaitu Wuling Indonesian Command (WIND). Untuk memeriahkan suasana setiap akhir pekan di GIIAS 2019, Wuling menampilkan acara hiburan bersama Jikustik (20 Juli), Ungu (21 Juli), The Overtunes (27 Juli), dan Naif (28 Juli).

Peluncuran Wuling Almaz

Wuling resmi meluncurkan SUV canggihnya, Almaz.

Di saat yang sama PT SGMW Wuling Indonesia (Wuling Indonesia) juga resmi meluncurkan SUV canggihnya, Almaz dengan fitur Wuling Indonesian Command Wind (WIND) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Teknologi WIND merupakan inovasi voice command interaktif yang dioperasikan menggunakan bahasa Indonesia.

Jadi, pengendara maupun penumpang yang memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan, mulai dari pendingin udara, jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS, hingga informasi waktu dan tanggal.

"Inovasi dan pengembangan teknologi terdepan kami hadirkan melalui WIND serta formasi 7 penumpang pada varian baru Almaz untuk memberikan pengalaman berkendara tanpa batas," jelas Cindy Cai, Vice President Wuling Motors, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (18/9/2019).

Fitur WIND ini sendiri saat ini sudah terdapat di semua varian, mulai dari 5-seater dan 7-seater. Wuling Almaz dibekali mesin berkonfigurasi empat silinder berkapasitas 1.500cc bensin turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 Tk dan torsi 250 Nm.

Kemudian, Transmisi CVT dipercaya memaksimalkan penyaluran tenaga tersebut ke roda depan dengan perpindahan gigi yang halus, serta pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-percepatan manual simulation.Selain itu sejumlah fitur modern turut tersemat, seperti panoramic Sunroof, start-stop button, keyless remote, keyless entry, hingga sound system keluaran Infinity by Harman.

Untuk keselamatan berkendara tersedia Auto Vehide Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), Electric Parking Brake (EPB), Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Electronic Brake force Distribution (EBD).

Wuling menampilkan 10 unit display di GIIAS 2019.

Di sektor interior Almaz mengaplikasi desain stunning dan sporty dengan Future Eyes LED dan lampu utama proyektor LED di bagian bawahnya.

Kemudian pada sisi samping, SUV ini menonjolkan gaya dynamic parallel dan floating roof serta pelek alloy berukuran 17 inci bercorak two-tone aluminium.

Untuk tipenya, terdapat empat varian, yaitu yang terbaru Wuling Almaz tujuh penumpang Smart Enjoy MT Rp263,8 juta, Almaz Smart Enjoy CVT Rp275,8 juta, Almaz lima penumpang Exclusive Rp328,8 juta, dan Almaz Exclusive tujuh penumpang Rp338,8 juta.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019, Siaran Langsung MU vs Arema FC di Indosiar Hari Ini

Posted: 19 Jul 2019 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Pamekasan - Madura United (MU) akan menjamu Arema FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Sabtu (20/7/2019) di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura. Tim tuan rumah berambisi menang pada laga ini setelah dua laga berakhir buruk.

MU imbang 2-2 melawan Tira Persikabo sebelum kalah 0-1 dari Persipura Jayapura. Dua hasil buruk itu berdampak negatif kepada peringkat MU di papan klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Tim asuhan Dejan Antonic ini untuk sementara menempati peringkat ke-4 dengan 14 poin. Laskar Sape Kerap -julukan MU- tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Tira Persikabo.

Tren sebaliknya terjadi di Arema FC. Singo Edan yang sempat terpuruk di klasemen kini telah kembali ke trek.

Skuat polesan Milomir Seslija hanya kalah satu kali dalam lima pertandingan terakhir. Terkini, Arema FC baru menggulung Badak FC dengan skor 4-1.

Laga di Gelora Ratu Pamelingan diprediksi bakal berlangsung seru. Pasalnya, dalam lima duel terakhir, MU dan Arema sama-sama memetik dua kemenangan dan satu kali imbang.

Berikut jadwal Shopee Liga 1 2019 MU vs Arema di Indosiar

Jadwal Shopee Liga 1

Shopee Liga 1 - Madura United Vs Arema FC (Bola.com/Adreanus Titus)

Sabtu 20 Juli 2019

18.30 WIB, Madura United vs Arema, Indosiar

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem Akan Tanya Mendag Enggar karena 2 Kali Mangkir Panggilan KPK

Posted: 19 Jul 2019 07:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengklaim akan menanyakan kembali kepada kadernya Enggartiasto Lukita yang juga Menteri Perdagangan (Mendag) terkait kasus yang menyeret namanya. Dia yakin Enggar akan menepati panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap bidang pelayaran yang menjerat Anggota DPR RI Komisi VI Bowo Sidik Pangarso.

"Saya bukan akan menegur, saya akan bertanya apa yang sebenarnya. Saya pikir dia yakin, Enggar yang saya kenal gampang," kata Surya Paloh di Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Paloh menilai, saat ini Enggartiasto Lukita belum bisa memberikan kinerja yang baik. Karena itu saat ini menurut Paloh, kadernya sedang memberikan yang terbaik. Sebab itu Enggar absen dua kali pada panggilan KPK sebab memiliki kesibukan sebagai menteri yang harus dicapai.

"Saya taulah pressure sekarang ini dengan kedudukan dia sebagai Mendag dianggap belum bisa memberikan sesuatu yang super signifikan terhadap ekspor kita di negeri ini," kata Surya Paloh.

"Kan masalahnya barangkali jadi hal yang ingin dia buktikan yang terbaik. Ya mungkin 1-2 hari ini kita lihat. Tapi bukan hal yang luar biasa, Enggar tetap Enggar," ungkap Paloh.

Komitmen Bantu KPK

Paloh juga menjelaskan Nasdem mengklaim tetap berkomitmen untuk mendukung peran dan tugas KPK. Apalagi kadernya diminta jadi saksi. Dia menjelaskan jika ada indikasi kadernya terjerat korupsi, pihaknya dulu yang akan bertindak.

"Ya pasti, masa diragukan lagi komitmen Nasdem. Apalagi dalam posisi diminta keterangan sebagai saksi. Kalau ada indikasi macam-macam segala macam kita duluan yang akan kejar," tegas Paloh.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Komedian Nunung Terciduk Konsumsi Sabu di Rumahnya

Posted: 19 Jul 2019 07:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komedian Nunung ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya terkait penggunaan narkoba jenis sabu. Nunung dan suaminya ditangkap setelah polisi lebih dulu menangkap seorang pria yang menjual sabu ke Nunung. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Gelar Rapat Internal di Hambalang, Apa yang Dibahas?

Posted: 19 Jul 2019 07:31 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menggelar rapat internal dengan sejumlah elite partai di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (20/7/2019), salah satu hal yang dibahas adalah sikap Gerindra usai pertemuan antara Prabowo dan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyatakan tak menampik adanya kemungkinan partainya merapat ke kubu Jokowi. Namun, pengurus sepakat menyerahkan kewenangannya kepada Prabowo untuk memutuskan.

"Pembicaraan tadi sudah menjelaskan bahwa semuanya menjadi kewenangan ketua (Prabowo), kita semua mempercayai sepenuhnya kepada beliau," jelas Ahmad Muzani.

Sebelumnya, pertemuan antara Jokowi dan Prabowo berlangsung di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu lalu. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala BIN Budi Gunawan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Perhubungan Budi Karya.

Dalam pertemuan tersebut Prabowo menyampaikan selamat pada Jokowi yang ditetapkan KPU sebagai presiden terpilih 2019-2024. Sementara itu, Presiden Jokowi meminta agar masyarakat kembali bersatu pasca-pilpres.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drama 5 Gol, Dortmund Bungkam Liverpool

Posted: 19 Jul 2019 07:30 PM PDT

Jakarta Liverpool tumbang 2-3 di tangan Borussia Dortmund pada laga pramusim di Notre Dame Stadium, Indiana, Sabtu (20/7/2019) pagi WIB. Bagi The Reds, ini adalah kekalahan perdana di pramusim.

Sebelumnya, mereka memetik kemenangan 6-0 atas Tranmere Rovers (12/7/2019) dan mengalahkan Bradford City dengan skor 3-1 (14/7/2019).

Selepas duel ini, Liverpool akan bersua Sevilla di Fenway Park, Boston pada 22 Juli 2019. Sementara itu, Die Borussen menghadapi Udinese di CASHPOINT Arena, Altach, 27 Juli mendatang.

Liverpool mendapat perlawanan sengit dari Borussia Dortmund. Pertandingan belum berjalan tiga menit, gawang The Reds sudah kebobolan. Bola hasil tendangan Paco Alcacer gagal dihentikan kiper Liverpool, Simon Mignolet.

Tertinggal satu gol, Liverpool meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya, Harry Wilson berhasil membawa skuat Si Merah menyamakan kedudukan pada menit ke-35.

Umpan Fabinho mampu dikonversikan Wilson menjadi gol dengan tembakan kaki kiri. Hingga jeda, Liverpool 1 Borussia Dortmund 1. 

 

 

Babak Kedua

Masuk paruh kedua, Borussia Dortmund melakukan sembilan pergantian pemain. Die Borussen pun mampu tampil lebih dominan.

Dortmund sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-53. Bola hasil tendangan Thomas Delaney meluncur deras ke dalam gawang Liverpool.

Lima menit berselang, giliran Jacob Bruun Larsen yang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Der BVB memimpin 3-1. Bola hasil tendangan Jacob yang memanfaatkan umpan dari Marius Wolf tak dapat digagalkan Mignolet.

Pada menit ke-74, Liverpool mendapatkan hadiah penalti setelah Ben Woodburn dilanggar Mateu Morey di kotak terlang. Rhian Brewster yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. 

Sampai pertandingan berakhir, skor 3-2 untuk kemenangan Borussia Dortmund tetap bertahan. 

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): 22-Simon Mignolet; 2-Nathaniel Clyne (66-Trent Alexander-Arnold 60'), 12-Joe Gomez (6-Dejan Lovren 60'), 32-Joel Matip (4-Virgil van Dijk 60'), 65-Yasser Larouci (26-Andrew Robertson 60'); 15-Alex Oxlade-Chamberlain (5-Georginio Wijnaldum 60'), 3-Fabinho (14-Jordan Henderson 60'), 7-James Milner (46-Adam Lewis 61'); 59-Harry Wilson (48-Curtis Jones 61'), 27-Divock Origi (24-Rhian Brewster 61'), 40-Ryan Kent (58-Ben Woodburn 61').

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Borussia Dortmund (4-4-1-1): 35-Marwin Hitz; 26-Lukasz Piszczek (22-Mateu Morey 46'), 15-Mats Hummels, 36-Omer Toprak (18-Leonardo Balerdi 46'), 13-Raphael Guerreiro (14-Nico Schulz 46'); 7-Jadon Sancho (23-Thorgan Hazard 46'), 19-Julian Brandt (34-Jacob Bruun Larsen 46'), 33-Julian Weigl (28-Axel Witsel 46'), 38-Giovanni Reyna (27-Marius Wolf 46'); 10-Mario Gotze (11-Marco Reus 46'); 9-Paco Alcacer (6-Thomas Delaney 46').

Pelatih: Lucien Favre (Swiss)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: