Kamis, 04 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Isu China Manipulasi Dolar AS Tekan Rupiah

Posted: 04 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan menuju akhir pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Jumat (5/7/2019), rupiah dibuka di angka 14.142 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.135 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.140 per dolar AS hingga 14.150 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun rupiah masih menguat 1,73 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.148 per dolar AS. Patokan pada hari ini melemah jika dibandingkan dengan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.106 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, rupiah berpotensi naik seiring mata uang kuat Asia dolar Hong Kong dan dolar Singapura yang dibuka menguat pagi ini.

"Ini bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah hari ini. Kemungkinan rupiah bergerak antara 14.120 per dolar AS sampai 14.130 per dolar AS," kata Lana seperti dikutip dari Antara.

Dari eksternal, China membantah tuduhan Trump terkait manipulasi mata uang. Otoritas China membantah tuduhan Presiden Trump dua hari lalu yang menuduh China dan Uni Eropa serta tujuh negara lainnya melakukan manipulasi mata uang domestiknya terhadap dolar AS.

Tuduhan tersebut disampaikan pasca investigasi Kementerian Keuangan AS yang mengeluarkan laporan valuta asing kepada kongres. Dalam laporan tersebut tercatat sembilan negara yang ada dalam pantauan AS yang memenuhi kriteria sebagai manipulator.

Kritikan manipulasi mata uang ini sudah lama dituduhkan AS ke China seiring dengan neraca perdagangan AS yang mengalami defisit yang semakin besar terhadap China.

"Di tengah tekanan kenaikan tarif barang-barang impor asal China hingga 25 persen untuk sekitar USD 250 miliar, neraca perdagangan AS malah mencatatkan defisit yang melebar dan terutama defisit dengan China," ujar Lana.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Teller menunjukkan mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Hingga hari ini, US$ 1 dibanderol Rp 14.020. Rupiah menguat 0,71% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Eks Bupati Bogor Rachmat Yasin Sebagai Tersangka

Posted: 04 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin, hari ini, Jumat (5/7/2019). Kakak dari Bupati Bogor Ade Yasin itu akan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi.

"RY (Rachmat Yasin) Bupati Bogor periode 2009-2014 akan diperiksa sebagai tersangka," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Ini merupakan panggilan perdana bagi Rachmat Yasin pasca-ditetapkan sebagai tersangka.

Selain Rachmat Yasin, penyidik juga akan memeriksa Kepala Bapeda Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati, Bendahara Pengeluaran DPD Bogor Sri Hartati, Kasie Penagihan PBB Dispenda Rahmat Mulyana, dan Kepala Badan Perizinan Terpadu Udin Syamsudin.

"Keempatnya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RY (Rachmat Yasin)," kata Febri.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Rachmat Yasin tersangka suap. Rachmat Yasin kini dijerat dengan kasus dugaan "memalak" dan "menyunat" para satuan perangkat kerja daerah (SKPD) selama menjabat Bupati Bogor.

Rachmat Yasin diduga meminta, menerima atau memotong pembayaran dari beberapa SKPD sebesar Rp 8.931.326.223. Setiap SKPD diduga memiliki sumber dana yang berbeda untuk memberikan dana kepada Rachmat Yasin.

Uang tersebut diduga digunakan Rachmat Yasin untuk biaya operasional dan kebutuhan kampanye Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Legislatif yang diselenggarakan pada 2013 dan 2014.

Selain itu, Rachmat Yasin juga diduga menerima gratifikasi berupa tanah seluas 20 hektare di Jonggol, Kabupaten Bogor dan Toyota Vellfire senilai Rp 825 juta.

 

Tanah Pesantren

Selasa (15/04/14) Bupati Bogor, Rachmat Yasin bersama para pendukungnya menyampaikan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Suryadharma Ali di Gedung PPP, Jakarta (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Untuk penerimaan gratifikasi berupa tanah seluas 20 hektare, Rachmat Yasin sengaja meminta kepada anak buahnya untuk memeriksa satu bidang tanah seluas 350 hektare. Pemilik tanah tersebut hendak membangun pesantren di tanah tersebut.

"Pada tahun 2010 seorang pemilik tanah seluas 350 hektare yang terletak di Desa Singasan dan Desa Cibodas, Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor ingin mendirikan Pondok Pesantren dan Kota Santri. Untuk itu ia (pemilik tanah) berencana akan menghibahkan tanahnya seluas 100 hektare agar pembangunan pesantren terealisasi," kata Febri.

Pemilik tanah tersebut kemudian menyampaikan maksudnya untuk mendirikan pesantren pada Rachmat Yasin melalui stafnya. Rachmat Yasin menjelaskan agar dilakukan pengecekan mengenai status tanah dan kelengkapan surat-surat tanahnya.

Pada pertengahan tahun 2011, Rachmat Yasin melakukan kunjungan lapangan di sekitar daerah pembangunan Pondok Pesantren tersebut. Melalui perwakilannya, Rachmat menyampaikan ketertarikannya terhadap tanah tersebut. Rachmat juga meminta bagian agar tanah tersebut juga dihibahkan untuknya.

"Pemilik tanah kemudian menghibahkan atau memberikan tanah seluas 20 Ha tersebut sesuai permintaan RY. Diduga RY mendapatkan gratifikasi agar memperlancar perizinan lokasi pendirian Pondok Pesantren dan Kota Santri," kata Febri.

Atas dugaan perbuatannya itu, Rachmat Yasin disangka melanggar Pasal 12 huruf f dan Pasal 12 B Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Rachmat Yasin sendiri diketahui baru bebas pada 8 Mei 2019 kemarin. Dia sebelumnya dijerat dalam kasus suap rekomendasi tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor Tahun 2014 atas nama PT Bukit Jonggol Asri seluas 2.754 Hektare.

Rachmat Yasin divonis 5 tahun 6 bulan penjara. Dalam perkara yang diawali operasi tangkap tangan (OTT) pada 7 Mei 2014, KPK juga memproses FX Yohan Yap (swasta), M Zairin (KepaIa Dinas Pertanian dan Kehutanan Bogor) dan Kwee Cahyadi Kumala, Komisaris Utama PT. Jonggol Asri dan Presiden Direktur PT. Sentul City.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Racikan Obat Batuk yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Ampuh Banget

Posted: 04 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Batuk merupakan refleks natural dari sistem perlindungan tubuh yang timbul apabila saluran udara di belakang kerongkongan teriritasi. Iritasi inilah yang memicu paru-paru untuk mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi. Melalui batuk, bisa membantu membersihkan paru-paru dan saluran udara dari zat asing, seperti asap dan lendir.

Selain itu, batuk juga menjadi gejala dari adanya infeksi virus atau bakteri. Melalui batuk, artinya tubuh bekerja untuk mengeluarkan virus dan alergi dari paru-paru. Namun. Batuk ini kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan saat sedang batuk, tubuh akan menjadi tidak nyaman.

Nah, agar kondisi ini tidak terjadi atau berlangsung dengan lama, kamu kerap melakukan berbagai cara untuk menghilangkan batuk. Obat kerap dipilih untuk meredakannya, karena dipercaya sangat ampuh.

Namun kini kamu tak perlu lagi bergantung pada obat batuk. Kamu bisa membuat racikan obat dari bahan-bahan alami yang tentunya juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah batuk ini. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari kanal Klikdokter beberapa racikan obat pereda batuk dari bahan alami yang tentunya sangat mudah dan ampuh, Jumat (5/7/2019).

Teh Madu

Madu / Sumber: iStockphoto

Para penelitian mengatakan bahwa madu mampu memberikan kelegaan yang paling signifikan. Walaupun begitu, jangan pernah memberikan teh madu kepada anak yang berusia di bawah satu tahun. Karena kondisi pencernaan anak di bawah satu tahun masih sangat sensitif.

Untuk racikan obat batuk yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan campuran teh dan madu. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal. Kemudian aduk hingga rata campuran ini. Konsumsi satu hingga dua kali dalam sehari.

Teh Jahe

Teh Jahe / Sumber: iStockphoto

Salah satu studi juga melaporkan bahwa beberapa senyawa antiradang yang terkandung pada jahe dapat melemaskan membrane di saluran pernapasan sehingga dapat mengurangi frekuensi batuk.

Tak hanya itu, jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, mencegah kanker, menurunkan reisikp diabetes, penyakit jantung, mengatasi nyeri sendi, meredakan kram perut akibat haid, serta mengatasi mual dan muntah.

Teh Daun Thyme

Teh Daun Thyme / Sumber: iStockphoto

Menggunakan teh thyme juga bisa mengatasi masalah penyakit batuk kamu. Ya, dengan menambahkan dua sendok teh daun thyme kering ke dalam secangkir air panas, kemudian diseduh selama 10 menit, saring, dan meminumnya bisa meredakan batukmu.

Penelitian mengatakan bahwa sirup obat batuk yang menggunakan campuran daun thyme mampu meredakan batuk lebih cepat daripada plasebo.

Larutan Air Garam

Larutan Air Garam (Alexeysun/Shutterstock)

Untuk mengatasi batuk dengan menggunakan racikan bahan-bahan alami berikutnya bisa dengan menggunakan larutan air garam. Cara membuatnya, kamu hanya perlu mengaduk setengah sendok teh garam dengan secangkir air hangat hingga larut. Racikan sederhana ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk berdahak.

Penelitian juga telah menyebutkan, dengan berkumur menggunakan air garam mampu mengurangi dahak dan lendir di belakang tenggorokan sehingga frekuensi batuk bisa berkurang.

Jus Nanas

Jus nanas | Via: istimewa

Pada nanas, mengandung enzim bernama bromelain. Zat ini memiliki sifat antiradang yang dapat memecah lendir agar mudah dikeluarkan dari tubuh.

Pada sebuah studi, dikatakan bahwa mengonsumsi jus nanas setiap hari sangat baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat sendiri jus buah nanas murni tanpa campuran apa-apa.

Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Batuk

Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik memang tidak secara langsung meredakan batuk. Namun probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri di dalam tubuh.

Sistem kekebalan yang baik dapat membantu melawan infeksi atau allergen yang mungkin menyebabkan batuk. Oleh sebab itu, ketika batuk, cobalah untuk mengonsumsi sup miso, yogurt, atau kimchi.

Makanan yang Tidak Merangsang Asam Lambung

Ya, dengan menghindari makanan yang dapat memicu refluks asam lambung adalah salah satu cara untuk mengelola batuk. Ketika refluks bereaksi, napas akan cenderung pendek, sesak, dan mudah batuk-batuk.

Nah, dengan menghindari makanan seperti kafein, sitrus, makanan berlemak, sayuran mengandung gas, serta makanan pedas, asam lambung akan cenderung normal sehingga bisa mengurangi frekuensi batuk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu Kedekatan Spesial dengan Vanessa Angel, Ini Kata Milano Lubis

Posted: 04 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vanessa Angel yang telah terlepas dari masa tahanan di Rutan Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur pada Minggu (30/6/2019) lalu ini menunjuk Milano Lubis sebagai kuasa hukum yang dipercayainya.

Selama kasus Vanessa Angel masih bergulir, Milano Lubis selaku pengacara dengan setia menemani dan membela sang klien. Melihat Milano yang selalu ada, sontak terdengar kabar jika dirinya memiliki hubungan spesial dengan Vanessa.

Namun putra dari pengacara kondang almarhum Indra Sahnun Lubis menampik kabar tersebut. Baginya, hubungan dengan Vanessa hanya sebatas pengacara dengan klien saja.

Berikut penjelasan lengkap dari Milano Lubis terkait kabar hubungannya dengan Vanessa Angel yang bisa Anda saksikan di channel Celeb360 di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Militer dan Demonstran Sudan Sepakat Akhiri Konflik

Posted: 04 Jul 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pihak militer dan demonstra pro demokrasi Sudan sepakat mengakhir konflik untuk membuat sebuah pemerintahan yang berdaulat. Hal ini dilakukan atas mediasi Uni Afrika dan Ethiopia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali ke Juventus, Gianluigi Buffon Tanpa Ban Kapten dan Nomor Punggung 1

Posted: 04 Jul 2019 09:35 PM PDT

Turin - Gianluigi Buffon tidak bersedia mengenakan nomor punggung satu dan ban kapten meski sudah ditawarkan setelah kembali ke klub lamanya, Juventus.

Pada musim panas tahun lalu, Buffon meninggalkan Juventus setelah 17 tahun berseragam Bianconeri. Buffon memilih untuk melanjutkan kariernya di PSG.

Namun hanya berselang satu tahun kemudian, Buffon yang kini sudah berusia 41 tahun memilih untuk kembali ke Turin dengan meneken kontrak berdurasi satu tahun.

Buffon yang kini berusia 41 tahun pun menegaskan akan bersaing dengan Wojciech Szczesny memperebutkan satu tempat utama di bawah mistar Juventus.

"Szczesny ingin memberikan nomor punggung satu dan ban kapten Giorgio Chiellini. Namun saya bukanlah seseorang yang mengambil sesuatu dari orang lain. Saya berpikir mengenai memakai nomor 77," ujar Buffon kepada reporter.

Buffon akhirnya memilih untuk memakai nomor punggung 77 di Juventus. Nomor punggung itu pernah ia kenakan semasa membela Parma.

17 Musim

Kiper Juventus Gianluigi Buffon berinteraksi dengan striker Real Madrid Cristiano Ronaldo usai pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Allianz, Turin (3/4). (AFP/Javier Soriano)

Nama Buffon sudah menjadi pembicaraan sejak masih berusia belia, tepatnya ketika ia memperkuat Parma. Buffon sukes mempersembahkan gelar Coppa Italia dan Piala UEFA bagi Gialloblu.

Buffon pun kemudian digaet Juventus pada 2001 dengan biaya mencapai 52 juta euro, sekaligus membuatnya kala itu menjadi kiper termahal di dunia.

Prestasi Buffon bersama Juventus sangatlah luar biasa. Ia mempersembahkan total sembilan scudetto bagi Bianconeri.

Gianluigi Buffon total menghabiskan 17 musim di Juventus. Dia memutuskan pindah ke Paris Saint-Germain karena ingin menggenggam trofi Liga Champions.

Tapi, misinya gagal total karena musim lalu langkah PSG di Liga Champions terhenti pada babak 16 besar. Sepanjang kariernya, mantan pemain Parma tersebut belum pernah mencicipi gelar Liga Champions.

Sumber: Bola.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Rusia, DPD RI Ajak 132 Parlemen Dunia Bekerjasama Menghadapi Ancaman Global

Posted: 04 Jul 2019 09:32 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) mewakili Indonesia dalam forum internasional bertajuk "The Second International Forum Development of Parlementism"yang diselenggarakan di Moskow, Rusia, hari Selasa (2/7/2019). Dalam forum yang diikuti delegasi dari 132 negara dengan 800 anggota parlemen ini, Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai salah satu pembicara.

Di atas mimbar, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono menyampaikan terima kasih atas undangan kepada rombongan DPD RI sebagai wakil dari Indonesia untuk menghadiri sekaligus dapat berbicara di forum tersebut.

"Pertemuan ini sangat penting bagi perlemen berbagai negara dari di belahan dunia khususnya parlemen Asia, Eropa dan Afrika dalam membahas berbagai isu-isu strategis dan berbagai tantangan global," papar Nono di hadapan delegasi dari 132 negara dengan 800 anggota parlemen.

Dia melanjutkan, "Seperti kita ketahui bersama ditengah upaya masing-masing negara yang sedang berjuang dalam memperjuangkan kepentingan nasionalnya demi kemajuan dan kesejahteraannya, kita juga memiliki kewajiban kolektif secara bersama-sama dalam menciptakan kawasan bahkan dunia yang stabil, aman dan damai."

Dunia saat ini, ungkap Nono, dihadapkan kepada berbagai tantangan yaitu: ketegangan politik, konflik sipil bahkan militer, kekerasan dalam demokrasi, pelanggaran hak azasi manusia, krisis ekonomi dan keuangan, ancaman katahanan pangan dan energi, bencana alam dan kerusakan lingkungan hidup, kesenjangan dan kemiskinan masih merajalela sampai dengan ancaman terorisme.

"Adalah tepat bila parlemen negara-negara dunia untuk ikut andil dalam menyelesaikan sekaligus mencari solusi terhadap persoalan-persoalan tersebut diatas," ujarnya.

Menurut Nono, parlemen bukan hanya representasi dari masyarakat sebuah negara semata tetapi juga representasi masyarakat dunia. Hubungan antar perlemen dapat memberi kontribusi antar negara dengan membuat saluran dialog yang dipandu oleh prinsip kesetaraan, keterbukaan, solidaritas, saling membantu dan saling menguntungkan kerjasama dalam dialog internasional.

"Secara kelembagaan parlemen adalah kekuatan untuk memberikan dukungan politik serta menciptakan payung-payung hukum terhadap implementasi baik untuk kepentingan sebuah negara maupun kepentingan dunia. Khususnya untuk ancaman terorisme yang awalnya hanya bersifat lokal dan memeperjuangkan ideologi semata kemudian berkembang meningkat menjadi ingin merebut serta mengambil alih kekuasaan dari sebuah negara bahkan mengancam kehidupan manusia secara universal," paparnya.

Deklarasi PBB No. 1368 dan 1373 sebagai landasan hukum mewajibkan 189 negara anggota untuk memerangi dan mengakhiri aksi teroris, pihak yang membantu serta membawa para pelaku untuk diadili.

"Dengan demikian, kita dapat saling membangun kerjasama global untuk mengatasi ancaman terorisme tersebut. Namun hubungan internasional hendaknya harus didasarkan pada prinsip dialog, kerjasama, menghormati hukum internasional itu sendiri, menghormati kedaulatan negara dan non interfensi dalam urusan internasional serta memenuhi kepentingan pembangunan berkelanjutan untuk masyarakat sehingga memperkuat hubungan parlemen untuk mengembangkan kerjasama multi-vekro dan mempromosikan kepentingan umum dan nilai di arena internasional," tuturnya.

Di samping itu, kata Nono, perlu adanya kebijakan imbang dalam penciptaan stabilitas keamanan (security) disatu sisi, dan kesejahteraan di sisi lain termasuk penghormatan kepada HAM.

"Sebagai penutup, saya ingin meyakinkan bahwa Indonesia akan tidak pernah lelah dan berhenti mengembangkan kohesi yang lebih kuat atas dasar kepentingan bersama untuk menghadapi berbagai isu dan tantangan global yang kita hadapi bersama," tutup Nono.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Jamin Pasokan Avtur Penerbangan Haji di Makassar

Posted: 04 Jul 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi memastikan keamanan pasokan avtur, untuk penerbangan haji 2019 dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan. Rencananya, akan mulai memberangkatkan jamaah haji pada pada 5 Juli 2019.

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) MOR VII Sulawesi Hatim Ilwan mengatakan, bandara terbesar di Sulawesi itu rencananya akan memberangkatkan jamaah haji yang terdiri dari 37 penerbangan hingga 6 Agustus 2019, dengan tujuan Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Sedangkan untuk periode kepulangan mulai tanggal 17 Agustus hingga 16 September 2019.

"InsyaAllah kami siap memenuhi kebutuhan avtur untuk penerbangan musim haji tahun ini," kata Hatim, di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Menurut Hatim, Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Hasanuddin akan menyiapkan pasokan avtur khusus, untuk memenuhi kebutuhan penerbangan haji tahun ini baik keberangkatan dan kepulangan sekitar 8.070 Kilo Liter (KL).

"Mengalami kenaikan hampir 5 persen jika dibandingkan musim haji tahun lalu yang konsumsinya mencapai 7.708 KL," ujarnya.

Dalam menjamin ketersediaan Avtur, Pertamina menyiagakan DPPU Hasanuddin yang memiliki 4 tangki timbun avtur dengan total kapasitas 14.250 KL.

Ketahanan pasokan pun semakin aman dengan status DPPU Hasanuddin yang kini sudah terintegrasi dengan Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Makassar. Infrastruktur penyaluran BBM tersebut memiliki empat unit tangki timbun Avtur dengan kapasitas masing-masing mencapai 2 ribu KL.

 

Siagakan 11 Unit Mobil Tangki Avtur

PT Pertamina (Persero) Marekting Operation Region (MOR) VII memastikan stok dan distribusi avtur sangat aman dan lancar.

Selain itu, DPPU Hasanuddin juga didukung 12 unit refueller dengan 5 unit berkapasitas masing-masing 25 KL, 6 unit berkapasitas 40 KL per refueller dan 1 unit lagi memiliki kapasitas 16 KL.

Pertamina juga menyiagakan 11 unit mobil tangki avtur yang berfungsi sebagai bridger. Kesebelas unit mobil tangki Avtur tersebut masing-masing memiliki kapasitas 16 KL satu unit, kapasitas 24 KL sembilan unit dan satu unit berkapasitas 21 KL.

"Jam operasional DPPU Hasanuddin tetap 24 jam. Sedangkan untuk suplai Avtur Via Bridger dari TBBM Makassar direncanakan akan beroperasi pukul 06.00 hingga 20.00 WITA," tandasnya.

Musim Haji, Konsumsi Avtur Dua Bandara Ini Meningkat

Pertamina prediksi kenaikan penyaluran avtur sekitar empat persen pada musim haji 2018 (Foto:Dok Pertamina)

PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V menjamin pasokan avtur untuk penerbangan haji 2019 melalui Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Lombok (BIL) aman. 

Unit Manager Communication & CSR MOR V Rustam Aji mengatakan, tahun ini diperkirakan ada peningkatan pada konsumsi Avtur. Pemberangkatan haji melalui Bandara Juanda konsumsi Avtur naik 2,3 persen dibanding tahun lalu. Sedangkan di Bandara Internasional Lombok (BIL) konsumsi Avtur meningkat sebesar 11 persen dibandingkan dengan penerbangan haji 2018.

"Estimasi kami, kebutuhan total Avtur untuk penerbangan haji 2019 ini, di Juanda sebesar 16.885 KL dan di Lombok sebesar 2.705 KL," kata Rustam, di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Pemberangkatan pertama jamaah haji tahun ini dari Bandara Juanda sebanyak 85 kloter jamaah haji, direncanakan pada Sabtu (6/7/2019) menggunakan pesawat jenis Boeing-747, dengan estimasi konsumsi Avtur sebanyak 100 Kilo Liter (KL) per penerbangan.

Sedangkan dari Lombok Tahun ini akan memberangkatkan 11 kloter jamaah haji, penerbangan perdana direncanakan pada Sabtu (8/7/2019). Pemberangkatan melalui dari Bandara Internasional Lombok (BIL) juga menggunakan pesawat jenis Boeing-747, dengan estimasi konsumsi Avtur sebanyak 122 KL per penerbangan.

Dia menjelaskan, salah satu penyebab kenaikan tersebut disebabkan pada tahun ini ada penambahan 2 kloter dari Surabaya dan 1 kloter dari Lombok.

"Pertamina akan menjamin ketersediaan Avtur dan mengoptimalkan ketepatan waktu pengisian ke pesawat," ujat Rustam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Piala Dunia Wanita 2019: Duel Belanda Vs AS

Posted: 04 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belanda akan menantang Amerika Serikat (AS) di final Piala Dunia Wanita 2019. Pertandingan final ini bakal berlangsung di Stadion Groupama, Decines-Charpieu, Minggu (7/7/2019) malam WIB.

Belanda melangkah ke final Piala Dunia Wanita setelah menyingkirkan Swedia dengan skor 1-0 di Stade de Lyon, Selasa (2/7/2019) atau Rabu dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Timnas putri Belanda dicetak oleh Jackie Groenen pada menit ke-99.

Langkah Belanda di Piala Dunia Wanita ini sangat mengejutkan. Pasalnya, Sari van Veenendaal dan kawan-kawan bahkan baru melakoni debut pada 2015. Ketika itu mereka dihentikan Jepang pada babak 16 besar.

Sementara Amerika Serikat, di babak semifinal Piala Dunia Wanita 2019, menyingkirkan Inggris dengan skor 2-1 di Stadion Groupama. Ini menjadi partai final kelima Piala Dunia Wanita bagi Amerika Serikat.

Dari empat partai final sebelumnya, Amerika Serikat mampu memenangkan Piala Dunia Wanita sebanyak tiga kali. Mereka hanya kalah pada 2011 saat dipermalukan Jepang dalam drama adu penalti.

Lihat jadwal final Piala Dunia Wanita 2019 di halaman selanjutnya.

 

Jadwal

Timnas Wanita Amerika Serikat (AS) menang 13-0 atas Thailand pada babak penyisihan grup F Piala Dunia Wanita 2019 (AP Photo/Francois Mori)

Jadwal Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia Wanita 2019

Sabtu, 6 Juli 2019

Inggris vs Swedia

Venue: Allianz Riviera

Jadwal Final Piala Dunia Wanita 2019

Minggu, 7 Juli 2019

Amerika Serikat vs Belanda

Venue: Stadion Groupama

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Aroma yang Tidak Disukai Kucing Namun Sering Digunakan di Rumah

Posted: 04 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pecinta kucing tentunya berharap hewan peliharaannya tersebut betah di rumah. Apalagi saat kucing tidak keluar rumah sudah membuatnya lebih kecil kemungkinan terserang berbagai virus dan bakteri dari luar ruangan.

Namun barang-barang yang biasa kamu gunakan di rumah bisa membuat kucing tidak betah. Salah astu sumbernya adalah berbagai macam bau atau aroma. Ada beberapa aroma-aroma yang biasanya ditemukan di rumah namun tidak disukai oleh kucing.

Ada beberapa aroma yang tidak disukai kucing dan bahkan bisa membuatnya stres. Menjauhkan aroma-aroma tersebut tentunya akan membuat kucing lebih betah di rumah serta menunjukkan rasa cinta kepada kucingmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/7/2019) tentang aroma yang tidak disukai kucing

Lemon dan Jeruk

Aroma Lemon (Foto: unsplash.com)

Lemon dan jeruk merupakan aroma yang pertama yang tidak disukai kucing. Hal ini karena indera penciuman kucing yang tajam akan terganggu dengan bau lemon dan jeruk yang khas dan juga tajam. Padahal kebanyakan orang tidak masalah dan bahkan menyukai bau dari lemon maupun jeruk ini.

Bahkan banyak juga yang menggunakan aroma lemon dan jeruk sebagai pengharum ruangan. Jadi bila kamu menginginkan kucing betah di rumah, maka jangan pilih bau lemon dan jeruk untuk menjadi pengharum ruanganmu. Bahkan sebenarnya kucing memang tidak begitu menyukai aroma pengharum ruangan karena baunya yang menyengat.

Parfum

aroma parfum / Unsplash

Aroma selanjutnya yang tidak disukai kucing adalah aroma parfum. Tentu saja bagi kamu, parfum bisa meningkatkan kepercayaan diri karena memberikan kewangian pada tubuh atau pakaian.

Namun hal ini berbanding terbalik dengan kucing. Kucing tidak menyukai bau parfum. Bahkan kucing bisa keracunan karena parfum. Karena banyak parfum yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kucing. Jadi bila ingin menggunakan parfum, menjauhlah dari kucing terlebih dahulu.

Asap

Ilustrasi asap rokok (iStock)

Aroma satu ini tentunya tidak hanya kucing saja yang tidak suka, bahkan manusia sekalipun banyak juga yang tidak menyukainya. Namun hal ini berkaitan dengan kamu yang memiliki kebiasaan merokok. Asap selain tidak disukai kucing bahkan bisa membahayakan kesehatannya juga.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kucing yang hidup dengan majikan yang merokok dapat terkena kanker darah dan sistem kekebalan tubuhnya mejadi rusak. Oleh karena itu, asap memang tidak baik untuk kucing, bukan hanya menjadi aroma yang tidak disukainya.

Menthol

Ilustrasi balsem (Foto: toolsofmen.com)

Aroma yang tidak disukai kucing selanjutnya adalah aroma menthol. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan manusia yang menyukai aroma tersebut. Berbagai aroma menthol seperti minyak angin, balsam, minyak kayu putih dan lain-lain tidak disukai oleh kucing.

Hal ini lagi-lagi berkaitan dengan aroma menthol yang tajam dapat mengganggu indera penciuman kucing yang juga tajam. Jadi jauhkan berbagai aroma berbagai jenis menthol tersebut dari kucing kesayanganmu.

Cabe

Ilustrasi makanan pedas (dok. Pixabay.com/Baohm/Putu Elmira)

Aroma selanjutnya yang tidak disukai kucing adalah aroma cabe. Biasanya aroma cabe akan merebak saat kamu memasak masakan yang menggunakan cabe, tentunya aroma masakan tersebut sangat menyengat dan bisa menganggu indera penciuman kucing.

Untuk itu, kamu perlu membuka jendela saat memasak agar aromanya tidak merebak ke dalam ruangan. selain itu, kamu juga bisa menjauhkan kucing dari dapur bila sedang memasak. Dengan begitu, maka kamu akan lebih nyaman dalam memasak, dan kucing pun juga tidak terganggu dengan aroma masakanmu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Fakta Menarik Bayi Google dari Bekasi

Posted: 04 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, warganet diramaikan dengan berita anak bayi dari Bekasi yang diberi nama "Google". Ia lahir 30 November 2018 lalu di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Google kini berusia 7 bulan, merupakan anak dari Andi Cahya Saputra dan Ella Karina.

Nama Google lebih dikenal dengan layanan mesin pencari yang banyak digunakan seluruh orang di dunia.

Namun, kedua orangtua anak ini memilih memberi nama sang buah hati dengan sesuatu yang berbeda daripada yang lainnya.

Orangtua Google, menginginkan anaknya kelak dapat mengetahui banyak hal layaknya mesin pencari raksasa ini.

Berikut lima fakta menarik tentang bayi Google. Ingin tahu apa saja?

Yuk, langsung saja simak di channel Vidio Now! berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Adegan Ciuman Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh di Bumi Manusia

Posted: 04 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dinanti, trailer film garapan Hanung Bramantyo, Bumi Manusia akhirnya dirilis, Kamis (4/7/2019). Dalam waktu singkat, trailer berdurasi kurang dari tiga menit itu sukses merebut hati publik.

Dari sekian banyak adegan yang diperlihatkan dalam trailer Bumi Manusia, ada satu yang paling jadi sorotan. Yaitu, adegan saat tokoh Minke, yang diperankan Iqbaal Ramadhan mencium pipi Annelies, diperankan oleh Mawar De Jongh.

Lantas, bagaimana perasaan Mawar De Jongh yang saat melakoni adegan tersebut. Apakah aktris berdarah campuran Belanda ini sempat merasa grogi?

"Sedikit mungkin, tapi karena kita sudah workshop juga sudah lama, sudah bahas adegan-adegannya jadi enggak begitu grogi," imbuhnya di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019).

 

Pengenalan Karakter

Iqbaal dan Mawar terlihat sangat santai dengan tampilan kasual. Tampilan ini tampak berbeda dengan mereka di poster, dimana Minke yang diperankan Iqbaal menggunakan Blangkon dan memiliki sungut. Sedangkan Annelies yang diperankan Mawar merupakan gadis berambut coklat. (KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Mawar De Jongh pun berbagi tentang cara membangun chemistry dengan Iqbaal Ramadhan. Saat di lokasi syuting, keduanya sering berbincang bersama dan tukar pikiran.

"Kita ada proses workshop dan reading, ada kayak tiga bulan lebih dan di situ kita memang fokus di karakternya. Kita bicara banyak, buka peristiwa-peristiwa di skenarionya," paparnya.

 

Tayang 15 Agustus 2019

Mawar Eva yang kini menjadi pembicaraan antar warganet, semenjak dirinya dipilih untuk beradu akting dengan Iqbaal Ramadhan dalam film 'Bumi Manusia' (Liputan6.com/IG/mawar_eva)

"Sebenarnya kembali ke tadi, siapa pun lawan mainnya, sama siapa aja deg-degan. Dari awal menerima film ini aku harus tahu konsekuensinya apa dan ada adegan apa aja dan siapa aja," sambungnya.

Film produksi Falcon Pictures ini akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 15 Agustus 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Langka Sebabkan Kepala Wanita Ini Rentan Lepas

Posted: 04 Jul 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Karen Pugh hidup dalam rasa takut. Dia selalu khawatir apabila kepala terlepas sewaktu-waktu karena penyakit langka yang dideritanya.

Wanita asal Taverham, Norfol, Inggris ini menderita kondisi yang bernama sindrom Ehlers-Danlos (EDS) sejak 2014. Penyakit langka ini membuat ligamen di lehernya lemah dan tidak bisa menopang kepalanya. Namun, tidak ada perawatan yang tepat untuk dirinya di negara itu.

Setiap hari, Karen harus mengenakan penyangga leher. Jika tidak, tengkoraknya bisa bergerak ke belakang atau depan atas tulang punggungnya, apabila dirinya memiringkan kepala. Kondisi ini rentan menekan batang otaknya.

"Saya bisa memenggal diri saya sendiri," kata wanita 52 tahun ini seperti dikutip dari Mirror pada Jumat (5/7/2019).

Kepala Nyaris Terlepas

Ilustrasi tengkorak manusia (iStock)

Karen mengungkapkan bahwa diagnosis itu didapatkannya dua tahun setelah sebuah kejadian yang membuatnya jatuh dan sulit untuk pulih. Ketika mencoba menoleh ke belakang, gejala EDS muncul, seperti dislokasi sendi.

Penyakit ini menyebabkan masalah dengan kolagen yang dibutuhkan tubuh untuk menahan kulit, persendian, pembuluh darah, dan organ-organ utama lainnya. Kolagen yang sehat mirip dengan ikatan elastis yang bisa kembali ke tempatnya semula. Namun pasien EDS tidak mengalami ini.

Jika dibiarkan, risiko kematian mengintai Karen setiap hari. Meski begitu, ada satu operasi yang bisa dilakukan di Spanyol. Hal ini diketahui Karen ketika berbicara dengan sesama penderita di Barcelona, yang sudah menstabilkan tengkoraknya.

"Dr. Gilete, ahli bedah, mengatakan dia sangat jarang melihat orang berusia 50 tahun dengan keadaan ini di Spanyol karena mereka telah menjalani operasi atau mati. Saat itulah saya sadar," kata wanita yang pernah bekerja di sebuah perusahaan firma itu.

Operasi yang Sangat Mahal di Spanyol

Ilustrasi ruang operasi (iStock)

Meski begitu, operasi tersebut berbiaya sangat mahal. Angkanya mencapainya 75 ribu euro atau lebih dari 1 miliar rupiah.

Karena itu, sang suami Andy bersama dengan teman-teman Karen mencoba mengumpulkan donasi dengan berbagai cara.

"Saya melihat istri kesayangan saya beralih dari seorang wanita atletis yang suka bekerja keras dan menyenangkan, yang selalu sibuk melakukan sesuatu, menjadi orang yang berjuang untuk mengangkat kepalanya sendiri dan berisiko mengalami kelumpuhan dan kematian mendadak setiap hari," kata Andy.

Dia melanjutkan, sang istri mengalami berbagai dislokasi akibat penyakit ini. Mulai dari pinggul, lutut, bahu, hingga tulang rusuk. Otot dan pencernaannya juga selalu bermasalah, serta kepalanya selalu sakit.

"Karena ligamen di lehernya saat ini terlalu lemah untuk menahan kepalanya," tulis Andy dalam laman donasi GofundMe.

"Karena sangat dicintai oleh saya sendiri, keluarga, dan teman-temannya, tolong bantu kami untuk membantunya. Kami benci melihatnya kesakitan dan kami tidak ingin kehilangannya," Andy menutup pesan donasi tersebut.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Calon Jemaah Haji Kloter 1 akan Berangkat Besok Pagi

Posted: 04 Jul 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Calon jemaah haji kloter 1 dan 2 mulai memasuki asrama haji Surabaya, Jawa Timur. Mereka direncanakan berangkat ke Tanah Suci besok pagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cadangan Devisa RI di Akhir Juni Naik Jadi USD 123,8 Miliar

Posted: 04 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan cadangan devisa Indonesia pada bulan ini berhasil naik ketimbang bulan sebelumnya. Ini didorong oleh faktor seperti penarikan devisa minyak dan gas (migas) dan penarikan utang luar negeri pemerintah.

"Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2019 tercatat sebesar USD 123,8 miliar, meningkat dibandingkan posisi pada akhir Mei 2019 yang sebesar USD 120,3 miliar," tulis Onny Widjanarka, Direktur Eksekutif BI dalam keterangan resminya, Jumat (5/7/2019).

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,1 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Cadangan devisa bulan Juni ini dipandang optimal oleh Bank Indonesia dalam menjaga keberlangsungan ekonomi negara. Perekonomian pun dipastikan tetap stabil.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan." jelas Onny.

Lebih lanjut, Bank Indonesia menyebut peningkatan cadangan devisa pada Juni 2019 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas dan valas lainnya, serta penarikan utang luar negeri pemerintah.

"Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik," tegas Onny.

BI Catat Aliran Dana Investor Asing Masuk ke RI Tembus Rp 112 Triliun

Ilustrasi (iStock)

BI mencatat aliran dana asingmasuk ke Indonesia (capital inflow) mencapai Rp 112 triliun sejak awal tahun hingga 11 Juni 2019.

Jumlah tersebut terdiri dari dana asing yang mengalir di pasar Surat Berharga Negara (SBN) dan portofolio saham. 

"Secara year to date inflow ke SBN per 11 Juni mencapai Rp 61,4 triliun, bila di total dengan ke saham mencapai Rp 112 triliun," ujar Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah dalam keterangan tertulis, Jumat, 14 Juni 2019. 

Dia menjelaskan, capital inflow didorong sengketa perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang membuat perlambatan ekonomi global, terutama bagi AS. Sehingga kemungkinan penurunan suku bunga acuan Bank Sentral AS semakin besar pada 2019.

"Probability penurunan suku bunga AS semakin besar di tahun ini. Ini yang mendorong arus modal masuk ke Indonesia dan menopang rupiah kedepan lebih stabil," ujar dia.

Nanang melanjutkan, di sisi lain, penurunan suku bunga acuan di sejumlah negara juga berdampak pada penurunan imbal hasil (yield) obligasi.

Itu membuat selisih (spread) imbal hasil dengan obligasi Indonesia semakin menarik yang mendorong masuknya modal asing. Saat ini imbal hasil obligasi negara Indonesia tenor 10 tahun (seri FR 78) berada di 7,7 persen. 

Imbal hasil itu bahkan belum memperhitungkan kenaikan rating utang Indonesia yang menjadi BBB dengan outlook stabil oleh lembaga pemeringkat internasional S&P. 

Hal ini menurut dia, berpotensi mendorong peningkatan arus dana asingmasuk ke Indonesia cukup besar ke depan. 

"Sehingga ini yang akan mendorong arus modal masuk ke Indonesia dan menopang Rupiah ke depan lebih stabil," kata dia.  

Cadangan Devisa Turun di Bulan Mei

Ilustrasi uang (sumber: iStockphoto)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia sebesar USD 120,3 miliar pada akhir Mei 2019. Posisi cadangan devisa ini turun USD 4 miliar dari posisi akhir April 2019 sebesar USD 124,3 miliar.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

"BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, demikian kutip dari laman BI, Kamis, 13 Juni 2019.

Penurunan cadangan devisa pada Mei 2019 tersebut terutama dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan berkurangnya penempatan valas perbankan di BI sebagai antisipasi kebutuhan likuiditas valas terkait siklus pembayaran dividen beberapa perusahaan asing dan menjelang libur panjang Lebaran.

"Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilistas dan prospek ekonomi yang tetap baik," kata Onny.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Curhatan Soal Pasangan Posesif Waktu Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 04 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan bisa dibilang menjadi salah satu kunci utama dalam membangun suatu hubungan. Rasa saling percaya yang tumbuh di antara sepasang kekasih atau suami istri dipercaya menjadi kunci utama dalam keberhasilan suatu hubungan. Namun sayangnya, teori yang satu ini nggak selalu bisa dijalankan oleh semua pasangan.

Kamu pasti pernah punya pasangan yang cemburuannya bisa dibilang sangat posesif. Tak usah ditanya bagaimana rasanya, bukannya bikin kamu merasa diperhatikan tetapi justru sangat menjengkelkan. Dalam hubungan asmara memang enggak lepas dari yang namanya rasa cemburu.

Namun begitu, rasa cemburu yang berlebihan akan berujung pada sikap posesif yang bikin pasangan enggak nyaman. Rasa cemburu dalam kadar yang semestinya akan menjadi bumbu yang indah dalam perjalanan menjalin cinta. Tapi, kalau sudah kelewat batas cemburunya, bisa-bisa berujung dengan kandasnya hubungan asmara.

Seperti curhatan netizen terkait memiliki pasangan yang posesif, saking posesifnya dalam kegiatan sehari-hari saja harus lapor dan kirim foto. Berikut Liputan6.com rangkum dari Twitter 7 curahan netizen yang memiliki pasangan posesif saat berangkat kerja yang bikin tepuk jidat, Jumat (5/7/2019).

1. Jadi serba salah mau pakai baju apa ke kantor

Curhatan Soal Pasangan Posesif Waktu Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Twitter/@jek___)

2. Ya enggak pakai celana dalam doang juga sih

Curhatan Soal Pasangan Posesif Waktu Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Twitter/@gvcccigang)

3. Waduh, kasihan dong pindah ke parkiran

Curhatan Soal Pasangan Posesif Waktu Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Twitter/@AnggerBayu)

4. Nah, kalau sudah kayak gini harus waspada nih

Curhatan Soal Pasangan Posesif Waktu Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Twitter/@diddechariezma)

5. Ya enggak harus dimuntahin juga sih

Curhatan Soal Pasangan Posesif Waktu Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Twitter/ @ainunnnnnnnnn)

6. Jadi ceweknya disamakan dengan setan?

Curhatan Soal Pasangan Posesif Waktu Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Twitter/@sekadarberujar)

7. Malah jadi pengangguran dong kalau resign

Curhatan Soal Pasangan Posesif Waktu Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Twitter/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain dengan Performa Bagus di Pekan 6 Shopee Liga 1

Posted: 04 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - Laga pekan keenam Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar telah berakhir pada Kamis (4/7/2019). Banyak gol indah tercipta, di mana hal tersebut tidak lepas dari performa cemerlang sejumlah pemain.

Ada 20 gol tercipta sepanjang pekan keenam Shopee Liga 1. Tujuh tim meraih tiga poin dalam pekan ini, di mana empat di antaranya justru berstatus sebagai tim tamu.

Tira Persikabo, Bhayangkara FC, Bali United, dan Kalteng Putra, adalah tim-tim tamu yang berhasil mengamankan tiga poin dalam laga kandang mereka pada pekan ini.

Bali United menjadi tim dengan kemenangan terbesar pada pekan ini, di mana Serdadu Tridatu berhasil menang 3-0 atas Perseru Badak Lampung FC di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung.

Sementara itu, Tira Persikabo dan Bhayangkara FC membuat kejutan dengan meraih tiga poin maksimal di kandang tim besar, masing-masing Arema FC dan Persib Bandung.

Memang begitu banyak kejutan terjadi di pekan keenam Liga 1 2019, di mana menurut Bola.com ada delapan dari 20 gol yang tercipta layak disebut sebagai gol indah.

Selain itu, sejumlah pemain pun memperlihatkan performa yang di atas rata-rata. Bola.com pun memilih 3 pemain yang pantas disebut tampil apik dalam pekan ketiga Shopee Liga 1 2019.

 

Makan Konate, Arema FC

Gelandang Arema, Makan Konate, lesu setelah takluk atas Tira Perskabo 1-2 di Stadion Gajayana, Malang (29/6/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Arema FC memang harus kehilangan tiga poin di kandang saat menjamu Tira Persikabo. Sebuah gol pada masa injury time yang dilepaskan dari hampir setengah lapangan pun membuyarkan satu poin yang sudah ada di depan mata Arema.

Namun, dalam pertandingan tersebut, Makan Konate tampil begitu luar biasa. Pemain asal Mali itu merupakan pemain yang paling sering memberikan ancaman ke gawang tim asuhan Rahmad Darmawan.

Pergerakannya sejak menit awal hingga akhir kerap merepotkan pemain Tira Persikabo. Sayangnya, dari begitu banyak peluang yang didapatkan oleh Makan Konate, hanya satu yang berbuah manis menjadi gol, yaitu ketika ia melepaskan tendangan bebas pada menit ke-78 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Sayangnya, Arema harus kalah 1-2 dalam pertandingan tersebut dan Makan Konate merupakan pemain yang cukup terpukul dengan kekalahan tersebut.

 

Fadhil Sausu, Bali United

Para pemain Bhayangkara Fc merayakan gol yang dicetak oleh Fadil Sausu ke gawang Semen Padang pada laga kedua Piala Presiden 2019 yng berlangsung di Stadion Patriot, Jawa Barat, Senin (11/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kapten Bali United ini memang terkenal sebagai gelandang yang sangat tenang dalam mengatur lini tengah Serdadu Tridatu. Fadhil Sausu tak hanya piawai menjaga ritme permainan Bali United, tapi juga kerap menjadi aktor terciptanya gol-gol Bali United.

Dalam pertandingan di kandang Badak Lampung FC dalam laga pekan keenam Liga 1 2019, Fadhil Sausu menjadi pemain yang sangat berkontribusi besar atas kemenangan telak 3-0 yang diraih oleh Serdadu Tridatu. Meski tak mencetak gol, Fadhil memberikan kotribusi untuk dua gol pertama Bali United.

Umpan panjangnya pada menit ke-33 sukses membuat Bali United membuka keunggulan lewat tandukan Spasojevic. Keberanian Fadhil mengambil keputusan melepaskan bola dari tengah langsung ke jantung pertahanan Badak Lampung FC yang berbuah manis menjadi gol itu patut diacungi jempol.

Selain itu, kepiawaian Fadhil dalam mengeksekusi bola mati menjadi kontribusi besar yang membuat Bali United unggul 2-0 dalam laga tersebut. Sepak pojoknya mengarah tepat kepada Willian Pacheco yang maju ke depan untuk membantu dalam situasi tersebut dan berbuah gol tandukan yang dicetak pemain asal Brasil itu.

 

Osvaldo Haay, Persebaya Surabaya

Osvaldo Haay semakin percaya diri setelah mencetak dua gol untuk Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya Surabaya bangkit dari dua kali ketinggalan saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo. Namun, pada akhirnya Bajul Ijo mampu meraih tiga poin lewat kemenangan 3-2.

Osvaldo Haay memang tidak mencetak gol dalam pertandingan tersebut. Namun, peran pentingnya dalam terciptanya dua gol terakhir Persebaya tidak bisa dikesampingkan.

Dalam kondisi tertinggal 1-2 dari Persela, Persebaya memiliki peluang mencetak gol pada menit ke-61. Diawali kemelut di depan gawang dan gagalnya Amido Balde menanduk bola dengan baik, OSvaldo Haay mengejar bola dan mengirimkannya kepada Irfan Jaya yang berada di depan gawang Persela untuk mencetak gol penyeimbang kedudukan menjadi 2-2.

Tak sampai di situ, lima menit kemudian Persebaya mampu berbalik unggul 3-2 lewat gol yang dicetak Amido Balde. Gol pertama striker asal Guinea Bissau itu tak lepas dari kontribusi OSvaldo Haay. Pemain asal Papua itu melepaskan umpan silang matang yang dengan diving header diselesaikan dengan manis oleh Amido Balde.

Sumber: Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stranger Things Season 3 Beri Kejutan dengan Kembalinya Sosok Ini

Posted: 04 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Stranger Things Season 3 akhirnya dirilis oleh Netflix pada Kamis (4/7/2019) kemarin. Ada perubahan pada karakter-karakter dalam musim terbaru ini, bila dibandingkan dengan season kedua yang tayang 2017 lalu.

Stranger Things Season 3 ber-setting tahun 1985. Eleven (Millie Bobby Brown), Mike (Finn Wolfhaard) dan geng Hawkins lainnya kini telah menjadi ABG.

Ada romantika masa remaja dalam musim ketiga ini. Mulai dari mall baru yang didirikan di kota kecil tersebut, hingga persahabatan dan asmara yang mulai bersemi di antara mereka.

Meski begitu, aroma horor tetap menguar dari serial ini. Musuh lama kembali dan hampir merenggut nyawa mereka, sementara muncul musuh baru yang lebih mengancam.

Eleven dan sahabat-sahabatnya diingatkan bahwa kekuatan jahat tak pernah musnah, tetapi berevolusi.

(Peringatan: Tulisan berikut memuat spoiler Stranger Things Season 3)

Kembalinya Favorit Penonton

Bob (Sean Astin) dalam Stranger Things Season 3 (Netflix)

Episode perdana Stranger Things Season 3 memberikan kejutan kepada penonton. Pasalnya, sosok Bob Newby (Sean Astin) alias Bob the Brain kembali muncul.

Karakter kekasih Joyce Byers (Winona Ryder) ini, tewas dengan dikoyak demodog, dalam episode di musim lalu. Kematian Bob mengejutkan banyak penggemar Stranger Things, apalagi ia adalah salah satu karakter kesayangan penonton. Bahkan muncul gerakan #JusticeforBob, yang menuntut keadilan terhadap Bob.

Dilansir dari US Weekly, Bob muncul lagi saat Joyce kembali ke lokasi kematian pria itu.  

 

Diapresiasi

Aktor Sean Astin mengaku kaget dan senang dengan sambutan hangat penonton atas karakter ini.

"Respons positif atas Bob benar-benar mengghangatkan hatiku, tapi juga memaksaku berpikir mengapa mereka begitu mencintainya. Setelah melihat reaksi ini aku makin mengapresiasi, karena banyak orang di dunia ini butuh sosok yang baik di muka bumi," tuturnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Diusulkan Bentuk Kementerian Ekonomi Digital

Posted: 04 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mendorong presiden petahana terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk kementerian baru pada kabinet kerja selanjutnya, yakni Kementerian Ekonomi Digital.

Pembentukan unit kementerian baru ini dinilai penting untuk merespons pertumbuhan ekonomi di era digital. Terlebih jika generasi muda bangsa yang memegang pos kendalinya.

"Syukur-syukur ada Kementerian Ekonomi Digital (pada Kabinet Kerja Jilid II). Itu bisa diisi pos anak muda," ujar Bhima saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (5/7/2019).

Terkait siapa saja sosok-sosok yang laik mengisi posisi sebagai Menteri Ekonomi Digital, ia mencatut beberapa nama bos besar perusahaan e-commerce dalam negeri (unicorn), seperti pendiri Go-Jek Nadiem Makarim serta CEO Bukalapak Achmad Zaky.

"Banyak yang minat. Founder-founder startup unicorn bisa isi posisi itu. Buat makin maju ekonomi digital kita," ungkap dia.

 

Potensi Cukup Besar

Sidang kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/2/2015) pagi, membahas Pilkada serentak, Perppu perubahan UU tentang kelautan, dan tentang perumahan rakyat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dia berpandangan, potensi pengangkatan anak muda sebagai menteri untuk periode selanjutnya memang cukup besar. Menurutnya, Indonesia juga sedikit tertinggal dalam memberikan peran menteri kepada generasi milenial.

"Banyak milenial yang potensial. Apalagi kita akan menyambut puncak bonus demografi di 2030, dan jumlah gen milenial hari ini mencapai 90 juta orang di Indonesia," tuturnya.

"Anak muda itu kreatif, inisiatif, berani, dan relatif tidak tunduk kepada tekanan politik," dia menegaskan.

Nadiem Cs Bakal Jadi Menteri Milenial di Kabinet Jokowi-Ma'ruf?

Nadiem Makarim, Founder dan CEO Go-Jek Indonesia

Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi)menggaet generasi muda terutama generasi milenial untuk menjadi menteri di kabinet kerja menuai teka-teki bagi sejumlah ekonom.

Kendati begitu, sosok-sosok besar di industri e-commerce Indonesia (unicorn) tampaknya tak lepas dari perhitungan para ekonom.

Ekonom Insitute For Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira misalnya. Dia mengatakan, calon kuat menteri muda dari industri e-commerce ialah CEO Bukalapak, Achmad Zaky dan Nadiem Makarim selaku pendiri Gojek.

Bhima menilai, baik Nadeem hingga Achmad Zaky dipastikan unggul jika terlibat pada posisi atau bidang ekonomi kreatif serta ekonomi digital. 

"Saya pikir mereka cocok jadi menteri muda. Kenapa? Karena mereka ini terbukti kreatif, jaringanya luas, memahami dunia ekonomi digital, dan tentunya punya integritas," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (4/7/2019).

"Cocoklah mereka untuk jadi kepala Bekraf atau menteri ekonomi digital, biar ekonomi digital dan startup makin maju. Mereka paham selama ini apa hambatan ekonomi digital di indonesia," tambah dia.

Di sisi lain, Ekonom Centre of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah mengatakan, potensi generasi muda RI untuk menjadi menteri memang sangatlah besar. 

Piter menuturkan, mulai dari kalangan partai politik hingga pengusaha sukses, masyarakat tak bisa antipati pada keberadaan dan kinerja cemerlang anak muda dalam negeri.

"Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) oke, kenapa tidak? Angela Tanoesoedibjo, jelas oke, kita jangan underestimate. Dulu kita tidak pernah mengira seorang pengusaha mebel (Jokowi) bisa jadi Walikota sukses bahkan kini bisa jadi Presiden yang begitu berhasil," terangnya.

"Dan Menteri Susi dulu pertama kali jadi menteri semua orang underestimate. Ternyata beliau termasuk menteri terbaiknya Pak Jokowi," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Riset Kementan, Biodiesel B-100 Bisa Hemat Devisa 26 Triliun

Posted: 04 Jul 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Momon Rusmono menyatakan bahwa hasil uji coba penggunaan Biodiesel B-100 yang dilakukan Kementan mampu mencapai jarak 13,1 kilometer/liter. Jarak tersebut lebih jauh jika dibanding solar yang hanya mencapai 9 kilometer/liter.

"Lebih dari itu, penggunaan B100 ini bisa menghemat devisa sebesar 26 triliun yang berdampak langsung pada kesejahteraan petani sawit," ujar Momon saat membuka Pertemuan Badan Koordinasi Humas di Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/7).

Momon menjelaskan, penghematan ini bisa didapat dari substitusi impor solar yang selama ini cukup tinggi. Disisi lain, biodiesel juga mampu mengurangi pencemaran lingkungan karena rendah polusi dan berbahan baku kelapa sawit 100 persen.

"Kita sudah membuktikan dengan uji coba pada mobil-mobil dinas Kementan. Dari ujicoba ini, para sopir mengaku kualitas Biodiesel B100 sudah setara dengan DEX yang selama ini digunakan," katanya.

Untuk itu, Momon berharap, ke depan penggunaan B100 ini dapat menjadi alternatif bahan bakar kendaraan. Apalagi, hasil riset dan uji coba Balitbang Kementan menunjukan adanya kesetaraan kualitas dengan minyak lain.

"Makanya, melalui forum ini kita harus mampu mengekspose lebih jauh lagi program-program pembangunan pertanian dan hasil-hasilnya kepada masyarakat antar lintas sektoral," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Kominfo, Bambang Gunawan menyebutkan bahwa penggunaan biodiesel B100 dapat berpengaruh pada kondisi ekonomi secara nasional.

"Harganya 40 persen lebih murah. Makanya penggunaan B-100 ini berpotensi menghemat devisa sebesar 26,66 triliun rupiah," katanya.

Selain itu, kata Bambang, penggunaan biodiesel juga lebih ramah lingkungan karena karbon monoksida (CO) yang dihasilkan 48 persen lebih rendah jika dibanding dengan penggunaan solar.

"Yang pasti, pemanfaatan biodiesel ini akan berdampak langsung pada peningkatan pendapatan petani sawit" katanya.

Sebagai catatan, proses riset ini diawali pada pengembangan minyak nabati di tahun 2014. Saat itu, Kementerian Pertanian sukses menghasilkan bahan bakar B-20 yang selanjutnya disebut campuran 20 persen minyak nabati pada solar. Kemudian, Kementan berhasil mengembangkan B-30 hingga akhirnya bisa 100 persen menggunakan minyak nabati, tanpa campuran solar.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menambahkan, forum ini sangat bermanfaat untuk mendesiminasikan capaian dan program, karena menghadirkan para pejabat pengelola kehumasan pemerintah atau Government Public Relation.

Menurut Kuntoro, forum ini juga sekaligus upaya Kementan dalam mensosialisasikan berbagai program, capaian dan tantangan dalam pembangunan pertanian secara langsung kepada stakeholders.

"Biodiesel B100 memiliki prospek untuk memecahkan masalah terkait pengembangan industri kelapa sawit, penyejahteraan petani dan penyediaan energi terbarukan," pungkasnya.

Sekedar diketahui, Forum Tematik Bakohumas ini dihadiri lebih dari 100 pejabat pengelola kehumasan dari 48 Kementerian dan Lembaga, Organisasi Profesi, serta perwakilan Senat Mahasiswa. Selain pemaparan hasil riset dan ujicoba, peserta juga berkesempatan mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), lembaga dimana riset biodiesel B100 ini dilaksanakan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jeep Siapkan SUV 7-Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero

Posted: 04 Jul 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jeep memiliki rangkaian strategi pemasaran produk hingga 2020. Salah satunya adalah mobil khusus pasar India yang berwujud  SUV 7-seater. Bahkan ini digadang menjadi rival Fortuner dan Ford Endeavour (Everest) di sana. Seperti apa kira-kira mobilnya?

Dilansir dari laman Cardekho, Jeep 7-Seater ini memiliki format duduk tujuh penumpang dengan tiga baris kursi. Dimensinya lebih besar dari Compass dan Wrangler, namun lebih kecil dari Grand Cherokee. Kemungkinan mirip-mirip Grand Commander di Tiongkok, namum kelasnya berbeda. Bagi yang belum tahu, di pasar Cina Jeep menyediakan Commander sebagai SUV 7-seater premium. Makanya, sangat berpotensi platform-nya datang dari situ, dengan kelas yang diturunkan.

Mengenai kemampuannya, tentu tak menghilangkan taji Jeep. Daya jelajah luas alias sanggup melahap medan offroad dipertahankan. Sekaligus nyaman digunakan untuk keluarga sekalipun. Nah, model yang mendatang ini, berhadapan dengan SUV 7-Seater ladder frame semacam Toyota Fortuner dan Ford Endeavour di India. Dari kelas sasis monokok, bersinggungan dengan Honda CR-V dan Skoda Kodiaq. Mengapa? Karena estimasi harganya berada di angka Rs 30 lakh (Rp615 juta). Perkiraan banderol itu bisa didapat berkat tersedianya fasilitas produksi di Pune, India. Karena itu, tentu ongkos bisa ditekan. Pabrik ini juga disinyalir menjadi basis ekspor wilayah Asia, layaknya yang terjadi dengan Compass.

Urusan sumber tenaga, mesin Jeep yang ditanamkan terdiri dari dua jenis, diesel dan bensin. Untuk versi dieselnya, besar kemungkinan menggunakan platform yang sama dengan Compass. Karena jantung pacu 2.0-liternya terbukti sanggup memuntahkan tenaga 167 Tk dan torsi 350Nm serta konsumsi bahan bakar yang tergolong efisien.

 

Dua Pilihan Transmisi

Dua pilihan transmisi juga ditawarkan, manual 6-speed atau otomatis 9-speed. Kalau yang opsi bensin, perkiraannya bakal sama dengan yang bersemayam di Grand Commander atau Wrangler JL. Berkubikasi 2.0-liter turbo, dengan output berkisar 230-271 Tk. Tentunya dikawinkan dengan transmisi otomatis 9-speed dan versi manual guna menjaga harganya tetap kompetitif. Tidak diketahui kapan mobil diluncurkan. Menurut estimasi mereka, akhir 2021 hingga awal 2022 adalah waktu yang paling memungkinkan untuk meluncurkannya. Tepat setelah mengenalkan Compass versi facelift.

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut kami, jika di India harganya saja sudah segitu, masuk tanah air sepertinya lebih mahal lagi. Agak sulit kalau dipertemukan para raja SUV yang dibanderol Rp 500 jutaan. Kalaupun masuk, sepertinya tidak dalam segmentasi Fortuner, Pajero dan sebagainya. Bisa jadi malah naik kelas, agar sasaran pasarnya tepat.

Sumber: Oto.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Fakta Film Bumi Manusia dan Perburan, Diangkat dari Novel Pramoedya Ananta Toer

Posted: 04 Jul 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film Bumi Manusia dan Perburuan akan segera tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 15 Agustus 2019 mendatang. Dua film yang diangkat dari novel karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer ini memang cukup dinantikan.

Pasalnya dua novel karya sastrawan tersebut akan di luncurkan secara bersamaan. Bahkan kedua film tersebut turut menggandeng bintang-bintang film ternama seperti Adipati Dolken untuk film Perburuan dan Iqbaal Ramadhan dalam film Bumi Manusia.

Bukan hanya tayang bersama di bioskop saja. Akan tetapi dua film yang diadaptasi dari novel legendaris karya Pramoedya Ananta Toer ini merilis trailer dari Bumi Manusia dan juga Perburuan secara bersamaan pada Kamis (4/7/2019).

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/7/2019) berikut ini beberapa fakta terkait film Bumi Manusia dan Perburuan yang akan tayang secara bersamaan.

Film Bumi Manusia

Film Bumi Manusia dan Perburuan (Sumber: Instagram/falconpictures_)

1. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo

Film yang diangkat dari novel karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Dalam perkenalan poster film Bumi Manusia di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (19/6/2019) lalu, Hanung juga mengaku juga sosok Pramoedya Ananta Toer salah satu sastrawan yang dihormati dan punya banyak karya besar.

Bukan hanya itu saja, saat acara berlangsung Hanung sempat menangis ketika mengenang bagaimana ia harus bersembunyi untuk membaca novel Bumi Manusia yang akan segera tayang di bioskop.

2. Durasi film mencapai 3 jam

Film Bumi Manusia yang tayang 15 Agustus 2019 mendatang rupanya akan berdurasi hampir 3 jam lamanya. Bahkan menurut Produser Falcon Picture, Frederica durasi 3 jam untuk salah satu karya dari novel Pramoedya Ananta Toer merupakan hal yang wajar. Karena, novel Bumi Manusia dari Pramoedya Ananta Toer sendiri memiliki ketebalan hingga 500 halaman. Meskipun telah berdurasi cukup panjang, nyatanya Hanung selaku sutradara tetap harus memotong lima adegan dari novelnya.

Fakta Film Bumi Manusia

Film Bumi Manusia dan Perburuan (Sumber: Instagram/falconpictures_)

3. Banyak pemain dari Belanda

Film Bumi Manusia sendiri memang menceritakan mengenai kehidupan pada masa lalu di Indonesia. Di mana banyak warga Belanda yang tinggal dan menetap di Indonesia. Untuk mendalami film tersebut, Hanung Bramantyo pun sempat menggelar casting di Belanda demi Bumi Manusia. Bahkan ia juga melibatkan cukup banyak warga asli Belanda di film Bumi Manusia. Sekitar 60 persen para pemain yang terlibat dalam film tersebut merupakan pemeran yang di-casting langsung di Belanda.

4. Tuai protes saat pemeran utama diumumkan

Iqbaal Ramadhan yang dipercaya sebagai pemeran utama dalam Bumi Manusia sempat menuai kontroversi. Pasalnya tak sedikit netizen yang menganggap jika aktor muda tersebut tak pantas memerankan tokoh Minke. Hal ini dikarenakan Iqbaal dianggap terlalu muda untuk peran Minke serta kualitas akting yang sempat diragukan.

5. Studio besar pun dibangun

Untuk mendukung latar film dari Bumi Manusia, sang sutradara juga menyiapkan sebuah studio film yang cukup besar. Studio yang bernama Studio Gamplong ini berdiri di lahan seluar 2,5 hektar di Yogyakarta. Studio Gamplong yang pernah menjadi latar film Sultan Agung ini pun diubah menjadi kota Surabaya tempo dulu.

Fakta film perburuan

Film Bumi Manusia dan Perburuan (Sumber: Instagram/falconpictures_)

1. Tayang bersama Bumi Manusia

Film Perburuan juga film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Sama-sama diadaptasi dari seorang sastrawan terkenal, film Perburuan juga akan tayang bersamaan dengan film Bumi Manusia pada 15 Agustus 2019 mendatang.

2. Dibintangi Adipati Dolken dan Ayushita

Film Perburuan juga dibintangi oleh aktor dan aktris muda berbakat. Adipati Dolken sendiri didapuk menjadi pemeran utama dalam film Perburuan. Adipati juga akan bermain peran dengan aktris cantik Ayushita dalam film ini.

Naskah panjang berbahasa sastra

Film Bumi Manusia dan Perburuan (Sumber: Instagram/falconpictures_)

3. Naskah hingga 13 lembar untuk 1 adegan

Sama halnya dengan Bumi Manusia yang diangkat dari novel, film Perburuan juga diangkat dari novel sastra karya Pramoedya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada dialog yang akan diungkapkan oleh para pemainnya.

Bahkan Adipati sendiri pernah merasa kesulitan dalam menghafal naskah film Perburuan. Bukan hanya karena gaya bahasanya saja, tapi kalimat dalam skrip juga cukup panjang. Adipati sendiri pernah menerima skrip sebanyak 13 lembar hanya untuk satu adegan saja.

4. Penggarapan film tak diketahui pihak keluarga Pramoedya Ananta Toer

Penggarapan dari film Perburuan rupanya tak diketahui pihak sastrawan. Namun meski tak mengetahui bagaimana penggarapan film Perburuan, keluarga Pramoedya Ananta Toer telah mempercayakan naskah kepada rumah produksi.

Selain itu, sang sutradara film Perburuan Richar OH juga telah dianggap keluarga oleh pihak Pramoedya Ananta Toer sejak lama. Sehingga pihak keluarga pun cukup percaya bagaimana penggarapan film Perburuan ini kepada sang sutradara.

5. Turut mendukung film Bumi Manusia

Film yang diperankan oleh Adipati sendiri memang akan tayang bersama dengan film Bumi Manusia. Namun, meski tayang secara bersamaan pada 15 Agustus 2019 mendatang, rupanya tak ada persaingan mengenai untung rugi. Bahkan Adipati selaku pemeran utama dari film Perburuan justru memilih untuk saling mendukung karya satu sama lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil di Wimbledon 2019, Meghan Markle Kenakan Stileto Hitam

Posted: 04 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski sedang cuti melahirkan, Meghan Markle tak mau melewatkan hadir di ajang Wimbledon 2019 pada Kamis, 4 Juli 2019. Ibu satu anak itu memadukan busana kasual berupa skinny jeans, dalaman hitam berpadu blazer putih, serta stileto hitam.

Meghan hadir dua hari setelah kunjungan kejutan kakak iparnya, Kate Middleton, di ajang tersebut. Duchess of Sussex melengkapi penampilannya dengan topi anyaman, kacamata hitam, dan kalung berinisial huruf A yang merupakan nama sang putra, Archie Harrison Moundbatten-Windsor.

Dilansir laman Hello Magazine, Jumat (5/7/2019), kehadiran Meghan Markle di Wimbledon adalah untuk mendukung sahabat karibnya, Serena Williams, yang saat itu bertanding melawan Kaja Juvan. Meghan ditemani teman kuliahnya, Genevieve Hillis dan Lindsay Roth, duduk di barisan penonton.

Kedua temannya itu gencar diperkirakan hadir pada acara pembaptisan putra pertama Meghan yang akan berlangsung Sabtu, 6 Juli 2019, di Kastil Windsor. Serena juga diperkirakan akan diundang dalam acara yang digelar secara tertutup tersebut.

Sementara itu, rona bahagia Meghan Markle terpancar jelas saat menonton pertandingan tersebut. Ia tak henti tersenyum, sesekali tertawa, saat berbincang dengan teman-temannya. Pertandingan di ajang Wimbledon itu akhirnya dimenangkan Serena Williams.

Penampilan Ketiga

Meghan Markle hadiri ajang Wimbledon 2019. (dok. Glyn KIRK / AFP)

Kehadiran Meghan Markle dalam ajang pertandingan tenis dunia tersebut bukanlah kemunculan perdananya dalam masa cuti. Perempuan 37 tahun itu pertama kali terlihat saat menghadiri Parade Warna yang digelar untuk merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth II.

Selanjutnya, Meghan membuat kejutan saat hadir bersama Pangeran Harry pada 4 Juli 2019 lalu. Saat itu, mereka menghadiri pertandingan baseball antara Yankees dan Red Sox.

Meghan sepertinya tak keberatan disorot publik dalam masa cuti melahirkan yang umumnya berlangsung enam bulan. Di sisi lain, ia juga tengah mempersiapkan kunjungan kerajaan perdana bersama sang putra ke Afrika pada musim gugur mendatang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batik hingga Tarian Indonesia Meriahkan Hari Jadi Kanada di Montreal

Posted: 04 Jul 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Montreal - Pakaian Batik Nusantara dan bunyi musik tradisional Indonesia mengiringi kontingen RI pada Parade Kebudayaan di Montreal, Kanada. Sekitar 100 orang anggota Komunitas Indonesia di Montreal yang tergabung dalam Association de la Communauté Indonésienne du Québec (ACIQ) berpartisipasi pada parade Hari Jadi Kanada (Canada Day) Senin 1 Juli 2019 dengan mengusung tema Batik Nusantara.

Kontingen Indonesia yang terdiri dari tua-muda, orang tua, remaja dan anak-anak serta tokoh masyarakat tersebut berbaris rapih dengan mengenakan beragam pakaian batik nusantara beserta aksesorisnya. Tak lupa setiap peserta membawa dan melambaikan bendera Indonesia dan Kanada memeriahkan parade.

Selama parade sejauh lebih dari 2 km tersebut, dalam keterangan tertulis KBRI Ottawa yang Liputan6.com muat Jumat (5/7/2019), kontingen Indonesia yang diiringi oleh mobil hias dengan ornamen dan kain khas Indonesia juga menampilkan Tari Tradisional Indonesia.

Panasnya terik matahari malah menggairahkan semangat peserta mengitari jalanan protokol Montreal yang menjadi lintasan parade. Kehadiran peserta Indonesia dalam acara ini berhasil menarik perhatian pengunjung.

Warga yang menonton parade tampak antusias menyambut kontingen Indonesia, terlihat dari sorakan para penonton sepanjang jalanan parade. Wali Kota Montreal, Valerie Plante bahkan sengaja turun dari panggung kehormatan untuk menyambut dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada kontingen Indonesia sekaligus mengajak berfoto bersama.

Dialin Putri Dahlan, salah satu Diaspora Indonesia yang telah bermukim di Kanada belasan tahun yang juga ketua ACIQ menyatakan kebanggaannya membawa nama Indonesia pada parade tersebut.

Montreal adalah Kota kedua terbesar di Kanada dengan jumlah penduduk diperkirakan sekitar 1,75 juta jiwa. Di Montreal juga terdapat kantor pusat Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan puluhan kantor perwakilan asing (konsulat).

Mendapat Apresiasi Tinggi

Pakaian Batik saat Canada Day di Montreal. (Dokumentasi KBRI Ottawa)

Canada Day merupakan perayaan hari jadi Kanada yang diperingati setiap tanggal 1 Juli dengan berbagai kegiatan rakyat, seperti konser, piknik, bazar, parade, danacara kemeriahan lainnya. Di Montréal, (Provinsi Quebec), Canada Day diperingati dengan parade budaya sepanjang jalan raya Sainte-Catherine sampai Place du Canada yang khusus ditutup untuk pawai dari puluhan komunitas dan organisasi setempat.

Selain komunitas Indonesia, turut berpartisipasi juga komunitas dari berbagai negara, di antaranya Brasil, Filipina, Irlandia, Iran, Jepang, Meksiko, dan Tiongkok.

Rumondang Sumartiani, Minister Counsellor Penerangan Sosial Budaya KBRI Ottawa menyebutkan bahwa Komunitas Indonesia sengaja memilih batik sebagai tema kontingen RI pada parade tahun ini dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan dan mendesiminasikan Batik Indonesia kepada khalayak. Sebab batik merupakan kekayaan budaya Indonesia dan telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia yang terdaftar pada Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity).

Disebutkan bahwa Promosi budaya dan pengenalan Indonesia di Montreal sangatlah tepat mengingat kota tersebut dikenal sebagai Kota budaya, wisata, pendidikan, dan sekaligus pusat fesen terbesar di Kanada. Batik identik dengan Indonesia sehingga pada saat melihat pakaian batik, masyarakat langsung teringat Indonesia.

Sementara itu, Wakil Kepala Perwakilan RI KBRI Ottawa, Nancy Kusbayanti turut dalam parade tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada masayarakat Diaspora Indonesia di Montreal yang tanpa pamrih telah ikut mempromosikan Indonesia di luar negeri.

Masyarakat Diaspora Indonesia diharapkan terus aktif dalam membantu Pemerintah dalam diplomasi ekonomi dan budaya Indonesia di luar negeri.

Diaspora Indonesia memegang peranan penting bagi upaya promosi budaya Indonesia di luar negeri.

"Partisipasi mereka dalam kegiatan seperti parade Canada Day ini perlu didukung karena merupakan kesempatan yang bagus sebagai ajang untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat asing," tambah Nancy Kusbayanti.

Batik Motif Maple Khas Kanada Diluncurkan Saat Hari Jadi

Dubes Kanada sangat antusias memperkenalkan Batik Kanada kepada wartawan (Liputan6.com/Siti Khotimah)

Sementara itu, Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur dan Wakil negara itu untuk ASEAN Diedrah Kelly memperkenalkan "Batik Kanada" dalam peringatan hari nasionalnya pada Senin 1 Juli 2019. Motif yang dipilih adalah daun maple yang dikombinasikan dengan seni nusantara, sebagai simbol persahabatan dengan Indonesia.

"Batik ini diproduksi bekerja sama dengan Bapak Liliek Setiawan ... dalam mendesain, menegaskan penggunaan pewarna alami yang sejalan dengan upaya kami untuk mengurangi jejak (sampah-red) lingkungan," kata Dubes MacArthur dalam sambutan resepsi Canada Day.

Dubes juga mengajak para hadirin untuk menyaksikan proses pembuatan batik di luar gedung resepsi, di mana seniman Batik Kanada dihadirkan langsung dari Desa Bulu, Jawa Tengah.

Setidaknya terdapat lima elemen desain dalam Batik Kanada. Di antaranya adalah daun maple berwarna merah, daun berwarna cokelat, buah dan kuncup maple, batang pohon maple yang melengkung, serta aliran sirup maple. Kelima unsur tersebut memiliki makna yang dalam.

Daun maple berwarna merah melambangkan identitas nasional Kanada dengan generasi masa depannya. Daun berwarna cokelat menyimbolkan harmoni dan keterbukaan dari masyarakat Negeri Pecahan Es.

Kuncup dan buah maple mewakili semangat inovasi dan kesiapan untuk tumbuh, dengan dua cabangnya sebagai simbol laki-laki dan perempuan. Sedangkan batang pohon maple yang melengkung melambangkan filosofi di mana untuk dapat tumbuh, dibutuhkan usaha untuk melewati cobaan dan kesulitan.

Terakhir, aliran sirup mapel yang dibuat dari getah pohon, menjadi pralambang kebahagiaan warga Kanada yang secara konsisten menduduki peringkat 10 besar sebagai negara paling bahagia di dunia. Adapun warna dasar putih dipilih karena mewakili musim dingin, salah satu dari empat yang ada di Negeri Pecahan Es; begitu pula menjadi simbol kesucian hati.

Resepsi yang berlangsung pada Senin malam di Jakarta adalah perayaan hari nasional Kanada yang diperingati setiap 1 Juli. Pada tanggal yang sama tahun 1867 silam, Undang-Undang Dasar negara itu berlaku yang menyatukan tiga koloni terpisah, yakni Provinsi Kanada, Nova Scotia, dan New Brunswick. Sejak saat itu, ketiga wilayah itu sepakat menjadi satu dominion bernama Kanada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laju Pariwisata Indonesia Ngebut

Posted: 04 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Tujuan wisata berkelanjutan telah menjadi komponen utama untuk perjalanan budaya dan gaya hidup dari setiap destinasi wisata. Hal itu pula yang menjadikan motivasi bagi turis untuk melakukan perjalanan saat ini. Hal itu diakui oleh Ketua Bali and Beyond Trave Fair (BBTF), I Ketut Ardana.

Menurutnya, kegiatan pariwisata yang terkait dengan wisata berkelanjutan di berbagai negara menjadi alasan untuk pembangunan regional, segmen yang berkembang dengan peluang besar untuk memenuhi permintaan pasar.

Hal itu juga untuk menarik investasi baru dalam meningkatkan lapangan kerja regional dan juga menyediakan pendekatan inovatif lain untuk pelestarian alam budaya berkelanjutan, warisan untuk dikembangkan di tujuan wisata.

BBTF keenam tahun ini memilih tema untuk Travel Fair tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran secara nasional atau regional tetapi juga untuk partisipasi dalam gerakan pariwisata global.

 

"Pariwisata Indonesia tumbuh dua kali lebih cepat dari rata-rata global. Pertumbuhan pariwisata di Indonesia tercatat sebagai salah satu yang terbaik di dunia dan termasuk di antara 20 tujuan wisata dengan pertumbuhan tercepat, yang berarti bahwa tingkat pertumbuhan setara dengan standar global yang tercatat tahun lalu," kata Ardana, Kamis (4/7/2019).

Indonesia, ia melanjutkan, menjadi pemain global dengan mengekspos kekayaan alam, budaya, seni, tradisi yang tak tersentuh dan terbaru sebagai tujuan belanja dan keahlian memasak di seluruh negeri.

Menurutnya, berdasarkan penelitian World Travel & Tourism Council (WTTC) tahun ini menunjukkan data bahwa perjalanan dan pariwisata di Indonesia tumbuh 7,8 persen pada 2018.

Hal itu berarti tumbuh dua kali lipat rata-rata global yang hanya 3,9 persen dan di depan ekonomi Indonesia yang lebih luas. "Ini memberikan kontribusi 6,0 persen terhadap PDB Indonesia senilai Rp890,428 miliar (USD62,6 miliar) ketika semua efek langsung, tidak langsung dan terinduksi dipertimbangkan," tuturnya.

 

 

Indonesia Ketiga di Asia Tenggara

Pariwisata Indonesia tumbuh di atas rata-rata global (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Perjalanan dan pariwisata mendukung 10,3 persen dari semua lapangan kerja di Indonesia atau 13 juta pekerjaan. Kontribusi PDB diproyeksikan akan tumbuh sebesar 5,2 persen pada tahun 2019.

Satu dari tiga dari semua pekerjaan pariwisata di sepuluh negara yang membentuk Asia Tenggara, berlokasi di Indonesia. Ini menjadikan Indonesia ekonomi perjalanan dan pariwisata terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Thailand dan Filipina.

Ada peningkatan luar biasa dalam pengeluaran bisnis tahun lalu, yang sekarang menyumbang 30 persen dari pengeluaran pariwisata di Indonesia dibandingkan dengan 70 persen waktu luang.

Secara total, wisatawan internasional menghabiskan hampir IDR221.000 miliar (USD15,5 miliar) di Indonesia pada tahun lalu, terhitung 6,8 persen dari total ekspor. Pasar internasional in-bound terbesar adalah Singapura 15 persen, Malaysia 14 persen China 13 persen Australia 11 persen dan Jepang 5 persen.

Bali Sebagai Market Place

Pariwisata Indonesia tumbuh di atas rata-rata global (Liputan6.com/Dewi Divianta)

"Bali and Beyond Travel Fair 2019 bangga menjadi bagian dalam pertumbuhan pariwisata Indonesia dan diakui sebagai pameran perjalanan dan wisata internasional terkemuka di Indonesia. Kami telah memilih tema "Journey to Sustainable Tourism" tahun ini karena kami percaya pada potensi Indonesia, di mana Bali berfungsi sebagai market place," Katanya.

Tahun ini, BBTF 2019 menghadirkan 232 penjual dan 303 pembeli dari 46 negara dengan estimasi transaksi mencapai Rp9,06 Triliun. BBTF 2019 juga menjadi tuan rumah bagi pembicara yang membahas peluang, tren dan wawasan industri serta menyoroti keragaman warisan budaya Indonesia.

"Pariwisata ditakdirkan untuk menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Perubahan dari tren itu sendiri adalah perpindahan dari tujuan liburan menuju  keseimbangan antara pekerjaan dan liburan. Kami merespon positif pertumbuhan leisure ekonomi dalam pariwisata berkelanjutan," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kali Juara di MotoGP Jerman, Rossi Sebut Sirkuit Sachsenring Sangat Aneh

Posted: 04 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sachsenring - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi merupakan salah satu yang terbanyak memenangkan MotoGP Jerman. Dia tercatat telah naik podium pertama di Sirkuit Sachsenring sebanyak empat kali.

Rossi menjuarai MotoGP Jerman pada 2002, 2005, 2006, dan 2009. Musim lalu, pembalap berusia 40 tahun itu juga masih tampil mengesankan di sirkuit yang memiliki panjang 3,7 kilometer, finis di posisi kedua.

Kendati demikian, Rossi menyebut Sirkuit Sachsenring merupakan lintasan yang aneh. Rossi menyebut tata letak sirkut berbeda dengan yang lain.

"Trek di sini benar-benar berbeda, tetapi tahun lalu saya tidak begitu buruk. Saya cukup kompetitif," ucap Rossi, dikutip dari Motor Sport.

"Di sini selalu sulit. Ini trek yang aneh, sangat khusus. Namun kami mencoba memahami apakah kami bisa lebih baik," kata pembalap MotoGP yang mendapat julukan The Doctor itu, menambahkan.

 

Bukan Waktu Tepat

Valentino Rossi saat di MotoGP Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Bagi Rossi, MotoGP Jerman datang di waktu yang tidak tepat. Pembalap asal Italia itu sedang frustrasi lantaran gagal menyentuh garis finis dalam tiga balapan sebelumnya.

"Saat ini bukan waktu positif bagi kami. Akhir balapan di Assen benar-benar memalukan karena saya merasa bagus setelah warm-up," ucap mantan pembalap Ducati tersebut.

"Saya kencang, tetapi berakhir nol (poin) lagi. Hal baiknya kami langsung ke Sachsenring dan kami dapat segera bekerja pada akhir pekan GP lainnya," ujarnya.

 

Jadwal MotoGP Jerman

Jumat (5/7/2019)

16.55 WIB: Latihan Bebas 1 (FP1)

20.10 WIB: Latihan Bebas 2 (FP2)

Sabtu (6/7/2019)

16.55 WIB Latihan Bebas 3 (FP3)

18.30 WIB Latihan Bebas 4 (FP4)

20.05 WIB Sesi Kualifikasi

Minggu (7/7/2019)

19.00 WIB Balapan

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 6 Potret Kedekatan Meriam Bellina dan Kedua Putranya

Posted: 04 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris senior Meriam Bellina termasuk selebritis yang jarang mengumbar kehidupan pribadinya. Punya karier yang gemilang dan konsisten, wanita kelahiran Bandung, 10 April 1965 ini sejak dulu sudah banyak berkontribusi dalam dunia perfilman Indonesia.

Bakat akting yang natural dan pengalaman yang cukup membuatnya mampu memerankan peran apa saja. Selain soal karier yang gemilang, penampilan Meriam Bellina juga selalu mampu menyihir publik.

Pasalnya aktris senior ini memiliki wajah awet muda hingga saat ini. Di usianya yang sudah masuk kepala lima penampilannya masih cantik menawan. Namun sayangnya, kisah asmaranya tak semulus kariernya. Meriam Bellina pernah gagal menikah sebanyak dua kali.

Hal ini lah yang membuat Meriam Bellina menjadi ibu tunggal dan membesarkan anaknya sendiri. Tak banyak yang tahu jika Meriam memiliki dua anak laki-laki dari hasil pernikahannya dengan Adisoerya Abdi.

Dua anak laki-laki tersebut bernama Nigel Pino dan Albert Surya. Jarang terekspos, ini 6 potret kedekatan Meriam Bellina dan kedua putranya seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/6/2019).

1. Setelah gagal di pernikahan keduanya tahun 2001, sampai sekarang Meriam masih menjadi orangtua tunggal untuk Abel dan Nigel

Meriam Bellina (sumber: instagram/@bellinamer)

2. Hingga kini, Meriam Bellina belum membuka hati untuk siapa pun, dirinya mengaku fokus membesarkan dan mengurus kedua anaknya

Meriam Bellina (sumber: instagram/@bellinamer)

3. Jadi orangtua tunggal, Meriam memiliki hubungan yang dekat banget dengan dua anaknya

Meriam Bellina (sumber: instagram/@bellinamer)

4. Sempat membagikan foto wisuda Nigel, Meriam Bellina banyak mendapatkan pujian dari netizen

Meriam Bellina (sumber: instagram/@bellinamer)

5. Tak mengherankan bila melihat Meriam Bellina selalu bugar di usia hampir 54 tahun, ternyata rutin berolahraga

Meriam Bellina (sumber: instagram/@bellinamer)

6. Menjadi single parent, Meriam Bellina berhasil melewati masa sulit membesarkan dua putranya sendiri di tengah kesibukannya di dunia hiburan

Meriam Bellina (sumber: instagram/@bellinamer)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Adaro Bantah Tudingan Penggelapan Pajak

Posted: 04 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir membantah terkait tudingan laporan oleh organisasi global yakni Global Witness atas upaya penggelapan pajak lewat anak usahanya.

Perseroan dituding melakukan penggelapan pajak melalui salah satu anak usahanya di Singapura yaitu Coaltrade Services International dalam kurun waktu 8 tahun yakni 2009-2017.

Adapun Perseroan dituding telah mengatur sedemikian rupa sehingga mereka bisa membayar pajak senilai USD 125 juta dolar lebih rendah dibandingkan yang seharusnya dibayarkan di Indonesia.

"Kita itu perusahaan publik, tentu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance dan senantiasa patuh terhadap aturan yang berlaku, termasuk aturan perpajakan," tuturnya kepada Liputan6.com, Jumat (5/7/2019).

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Boy ini menjelaskan, anak perusahaanya yaitu Coaltrade Services itu bahkan memasarkan batubara di pasar ekspor, atau dengan kata lain di pasar internasional.

"Tentu sebagai kantor pemasaran internasional, mereka berperan penting untuk memperluas pasar internasional dengan tetap berpegangan pada ketentuan Harga Patokan Batubara (HPB) serta aturan perpajakan dan royalti yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia," tegas dia.

 

Laporan Tercantum di BEI

Tambang batu bara Adaro. (Liputan6.com/Istimewa)

Maka dari itu Boy menegaskan, segala informasi perpajakan yang terafiliasi dengan Coaltrade Services International Pte.Ltd sudah tertera dalam situs resmi Perseroan dan otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai regulator.

"Pembayaran pajak dan royalti sudah diungkapkan di dalam laporan keuangan perusahaan, itu bisa dilihat di situs resmi perusahaan dan idx sebagai regulator," kata dia.

Alihkan Keuntungan, Adaro Diduga Hindari Pajak

Pekerja Batu Bara (iStock)

PT Adaro Energy Tbk (ADRO), salah satu perusahaan batu bara di Indonesia dikabarkan telah mengalihkan keuntungan dari batu bara yang ditambang di Indonesia. Hal ini untuk menghindari pajak di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan laporan Global Witness berjudul Taxing Times for Adaro yang dirilis pada Kamis 4 Juli 2019.

Dari laporan itu disebutkan kalau dari 2009-2017, perseroan melalui anak usahanya di Singapura, Coaltrade Services International membayar USD 125 juta atau lebih sedikit dari yang seharusnya dilakukan di Indonesia.

Dengan mengalihkan lebih banyak dana melalui tempat bebas pajak, Adaro mungkin telah mengurangi tagihan pajak Indonesia dan uang yang tersedia untuk pemerintah Indonesia untuk layanan-layanan publik penting hampir USD 14 juta per tahun.

"Operasi lepas pantai Adaro yang luas tampaknya sangat kontras dengan citra publik mereka yang dibangun dengan hati-hati dalam memberikan kontribusi ke Indonesia. Pada saat yang sama dengan perusahaan sudah mendapatkan keuntungan dari jaminan pemerintah untuk pembangkit listrik besar, itu menumbuhkan jaringan lepas pantai yang kompleks dan memindahkan sejumlah besar uang ke luar negeri," ujar Climate Change Campaign Manager Global Witness, Stuart McWilliam, seperti dikutip dari laporan tersebut, Jumat (5/7/2019).

"Investigasi kami sebelumnya telah menunjukkan kalau kegiatan tax haven dari perusahaan batu bara Indonesia dapat menambah risiko keuangan terhadap dampak lingkungan yang berbahaya. Sekarang jelas industri batu bara Indonesia menjadi risiko reputasi," tambah dia.

Laporan keuangan menunjukkan, nilai total komisi penjualan yang diterima Coaltrade dengan pajak rendah di Singapura meningkat rata-rata secara tahunan dari USD 4 juta sebelum 2009 menjadi USD 55 juta dari 2009-2017. Lebih dari 70 persen batu bara yang dijualnya berasal dari anak perusahaan Adaro Energy di Indonesia.

Peningkatan pembayaran mendorong keuntungan di Singapura, dengan pengenaan rata-rata pajak tahunan 10 persen.

Sedangkan keuntungan dari komisi perdagangan batu bara perseroan di Indonesia mungkin akan dikenakan pajak di Indonesia dengan tingkat lebih tinggi secara rata-rata tahunan sekitar 50 persen. Global Witness pun meminta Adaro untuk berkomentar mengenai hal itu tetapi belum menerima jawaban.

Laporan itu juga menyebutkan, pada 2008, Adaro membayar USD 33 juta untuk menyelesaikan perselisihan dengan otoritas pajak Indonesia atas aturan sebelumnya dengan Coaltrade.

Sebagian besar dari keuntungan yang terdaftar di Singapura tampaknya telah dipindahkan ke luar negeri, ke salah satu anak perusahaan Adaro di Mauritius, yang tidak dikenakan pajak sama sekali sebelum 2017 dan mungkin masih belum.

Laporan tersebut juga menemukan Adaro baru-baru ini akuisisi anak perusahaan di Labuan, Malaysia yang merupakan surge pajak. Hal ini untuk membeli saham tambang batu bara di Australia.

Pada saat yang sama, Adaro Energy juga telah memperluas jaringan offshore, dan akan diuntungkan oleh jaminan keuangan pemerintah Indonesia untuk pembangkit listrik tenaga batu bara Batang senilai USD 4 miliar, seperti disebutkan dalam laporan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tingkah Kocak Kala Pria Berpose Layaknya Wanita

Posted: 04 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar wanita tentu gemar berpose di depan kamera. Tak cukup sampai di situ mereka juga kemudian mengunggahnya di media sosial pribadi seperti Facebook atau Instagram. Tapi gimana ya jadinya jika para pria yang berpose seperti itu?

Artikel tentang deretan potret nyeleneh pria berpose layaknya wanita menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan temuan muntahan paus seharga ratusan juta buat nelayan kaget.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang zodiak yang diam-diam membicarakan temannya di belakang.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Saat Pria Berpose Layaknya Wanita, Bikin Ketawa Geli

foto: IG/@brosbeingbasic

Wanita lebih senang mengabadikan momen dalam sebuah foto dibandingkan para pria. Tapi gimana ya jadinya jika para pria yang berpose seperti itu? Membayangkannya saja sudah bikin kita tertawa geli ya.

Nah, berikut potret jika pria berpose layaknya wanita di hadapan kamera.

Selengkapnya...

2. Dikira Tak Berharga, Temuan Muntahan Paus Senilai Rp 460 Juta Buat Nelayan Kaget

Doc: Viral Press

Seorang nelayan asal Thailand menemukan gumpalan berwarna kuning pada tahun 2014 lalu menyimpannya. Kini, nelayan bernama Suwat Chitchanthuek itu baru mengetahui kalau objek tak biasa itu merupakan muntahan paus yang bernilai tinggi.

Tanpa mengetahui nilai bongkahan itu, Suwat sering mencungkil benda itu dengan pisau saat bosan. Lalu setelah dipotong kecil, bongkahan tersebut akan ia ukir.

Selengkapnya...

3. Penuh Kepalsuan, 5 Zodiak Ini Suka Bicarakan Temannya di Belakang

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Gosip, baik positif ataupun negatif nampaknya lekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Akan sangat sulit sekali untuk menghindari gosip yang telah menjadi bentuk komunikasi untuk bersosialisasi dan bertukar informasi.

Di balik gosip yang tersebar, tentunya ada sosok yang menyebarkan gosip, dan ternyata siapa pelakunya bisa diprediksi dari zodiak.

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Philips Klaim Performa Monitor Besutannya Gesit Seperti Spider-Man

Posted: 04 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Philips Monitors mengumumkan kerja sama dengan film Spider-Man:Far From Home. Selama Juli-Agustus 2019, Philips akan menampilkan promosi eksklusif visual film Spider-Man terbaru itu.

Bukan itu saja, dengan membeli produk Philips tertentu pada toko yang ikut berpartisipasi, pelanggan bisa memiliki hadiah bertema Spider-Man:Far From Home.

Dedah, Marketing Communication Philips Monitors Indonesia mengatakan apa yang ditampilkan pada sosok superhero Spider-Man dalam film Spider-Man:Far From Home mewakili jajaran produk Philips Monitor.

"Selain canggih dari sisi teknologi, produk kami juga cepat dan gesit (layaknya Spider-Man) dalam hal performa kualitas visual layarnya," ujar Dedah melalui keterangannya, Jumat (5/7/2019).

Segala yang ada pada sosok Spider-Man seperti diwakili salah satu produk andalan Philips Monitor, yakni seri 325M7C, monitor Quad HD (2560 x 1440 piksel) dengan teknologi Momentum.

Dengan diperkuat teknologi AMD FreeSync dan kecepatan refreseh rate 144Hz, monitor ini mampu menampilkan gambar sempurna untuk pengalaman entertainment maupun gaming.

 

Desain Melengkung

Desain melengkung yang dimiliki Philips Monitor 325M7C bahkan mampu memberikan pengalaman personal dengan efek immersive yang akan membuat pengguna tetap fokus pada apa yang ditampilkan pada layar.

Selain itu, ada pula teknologi Philips VA LED yang memberikan rasio kontras statis untuk kualitas gambar lebih jelas dan cerah.

Philips Monitor 325M7C juga memiliki teknologi manajemen piksel yang dioptimalkan untuk memberikan kemampuan sudut pandang dengan 178/178 derajat yang ekstra lebar. Dengan begitu, monitor ini sangat cocok untuk melihat foto, browsing internet, menonton film, bermain game, dan mendesain dari berbagai aplikasi grafis favorit.

Teknologi Ultra Wide-Color pada Philips Monitor 325M7C memberikan spektum warna yang lebih luas, di mana mampu memberikan "color gamut" yang menghasilkan warna hijau lebih alami, merah yang lebih cerah, dan biru yang lebih dalam.

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dana Desa Naik Rp 400 Triliun, Kemendes Bakal Fokus Pemberdayaan Masyarakat Desa

Posted: 04 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam lima tahun ini pemerintah sudah menggelontorkan dana desa sebesar Rp 257 triliun dan sebagian besar dipakai untuk pembangunan infrastruktur, lima tahun ke depan akan dinaikan menjadi Rp 400 triliun. Tidak hanya untuk infrastruktur tapi pemberdayaan manusia dan pemberdayaan ekonomi desa.

"Kita lihat desa-desa yang inovasinya bagus sekarang dana desanya atau BUMDes-nya membayar pajak lebih besar dari dana desanya. Bersama bank dunia ada program bursa inovasi desa, kita menyediakan fasilitator untuk masyarakat supaya ide-idenya bisa tergali keluar sehingga dana desanya bisa berinovasi," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo saat memberikan arahan pada acara Workshop Pengawasan Program Inovasi Desa dengan tema "Pengawasan Program Inovasi Desa dalam rangka meningkatkan efektivitas pemanfaatan Dana Desa" di Hotel Sultan Jakarta pada Kamis (4/6).

Menurutnya, dalam program inovasi desa ini perlu pendampingan. Kendala paling sulit yaitu mengedukasi masyarakat karena beragamnya atau masih rendahnya tingkat pendidikan. Oleh karena itu, Kemendes PDTT melibatkan forum Pertides untuk mengembangkam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan memberikan pendampingan karena banyaknya jumlah desa.

"Bursa inovasi desa tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk berinovasi. Kedua, setiap inovasi tersebut kita dokumentasikan dalam bentuk video atau tulisan. Sehingga bisa ditiru desa-desa lain sampai negara-negara lain," katanya.

Menurutnya, pentingnya inovasi dan perlunya mengkloning dari desa-desa sukses. Melalui Bursa inovasi desa ini diberikan fasilitator untuk merangsang masyarakat desa agar kreatifitas dan idenya keluar.

"Bursa Inovasi Desa penting agar desa-desa yang sukses kita dokumentasikan hasil inovasinya dalam bentuk tulisan dan video. Sudah ada 11.000 dokumen dalam bentuk tulisan dan video. Kami berharap tiap desa bikin bioskop desa. Inovasi-inovasi, pelatihan-pelatihan, bisa dilakukan di bioskop desa," sambungnya.

Lebih lanjut, Eko mengatakan bahwa dengan inovasi desa, dana desa dipakai untuk hal-hal produktif. Sehingga pengurangan kemiskinan akan lebih cepat.

 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo di Workshop Pengawasan Program Inovasi Desa.

"Saya apresiasi workshop ini. Dana inovasi desa besar. Mudah-mudahan dalam workshop ini bisa merumuskan program-program inovasi desa," harapnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Plt Inspektur Jenderal Ansar Husen mengatakan bahwa diadakannya workshop pengawasan ini untuk memastikan program inovasi desa yang bersumber dari dana desa agar bisa berjalan sesuai ketentuan yang berlaku dan untuk kesejahteraan masyarakat.

Workshop ini diharapkan pemanfaat dana desa untuk program inovasi desa lebih tepat sasaran dan berdaya guna. Inspektorat Jenderal sebagai APIP juga ikut bersinergi dengan inspektorat kementerian lain dan inpektorat daerah untuk mengawal dana desa dan program inovasi desa.

"Dalam rangka pengawasan program inovasi desa ini kita melakukan monitoring dan evaluasi secara random di beberapa kabupaten terpilih yang dilaksakan bersama Satgas dana desa. Kegiatan workshop ini untuk membangun sinergitas antara beberapa Kementerian/lembaga, daerah dan para pelaku/pelaksana dengan inovasi desa agar program ini bisa berjalan lebih lancar dan efektif," terangnya.

Ia melanjutkan, pengawasan langsung dilaksanakan di inspektorat kabupaten. Itjen berupaya mengkoordinasikan terutama dengan pemda melalui inspektorat daerah agar dapat melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa. Pengawasan terpenting adalah dari masyarakat.

"Untuk inovasi desa tidak semua daerah memliki potensi dan SDM yang sama.Monitoring dan evaluasi yang dilakukan Itjen juga melibatkan Ditjen PPMD dan juga melalui Satgas dana desa. Kita menetapkan beberapa desa termasuk penyerapan anggarannya baik penyimpangan dari penggunaan dana desanya kecil maupun dari program-programnya yang berhasil, ini kriteria yang dipakai dalam monitoring," paparnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nazarudin Lubis Yakin Nikita Mirzani Akan Masuk Bui

Posted: 04 Jul 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Mirzani kembali berurusan dengan hukum terkait ucapannya di media sosial. Kali ini, Nikita Mirzani dilaporkan oleh pengacara Nazarudin Lubis ke Polda Metro Jaya, Kamis (4/7/2019), terkait pencemaran nama baik karena diduga melecehkan profesi pengacara.

Sebagai pelapor, Nazarudin Lubis punya bukti-bukti kuat untuk memperkarakan secara hukum ucapan Nikita Mirzani.

"Bukti-bukti sudah kita berikan dan saksi-saksi sudah disiapkan dan diperiksa sehingga memenuhi kontruksi hukum tersebut," kata Nazarudin Lubis ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019).

"Dengan alat bukti dan saksi-saksi yang kami bawa, saya yakin 100 persen (Nikita masuk penjara)," tegasnya.

Sebagai pelapor Nazarudin Lubis merasa perlu membela kehormatan advokat yang diduga dihina oleh Nikita Mirzani. Terlebih untuk menjadi seorang pengacara perlu perjuangan yang panjang. Banyak tahapan yang harus dilalui untuk bisa menjadi seorang pengacara.

"Untuk menjadi seorang advokat harus sarjana hukum, harus ujian, harus berpraktik, harus magang selama dua tahun," jelas Nazarudin.

Alasan Melaporkan

Tim Pembela Kehormatan Profesi Advokat menyampaikan keterangan terkait dugaan penghinaan yang dilakukan Nikita Mirzani di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Laporan bermula dari tindakan Nikita yang diduga menghina profesi Advokat melalui akun instagramnya. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Nazarudin Lubis juga merasa ucapan Nikita Mirzani sebagai seorang publik figur sangatlah tidak pantas ditiru. Meskipun yang dihina bukan dirinya secara langsung, namun Nazarudin merasa apa yang dilakukan Nikita Mirzani tidaklah beretika.

"Dia menyebutkan advokat dengan jenis alat vital, dia katakan lawyer tidak punya otak, lawyer tolol, lawyer bodoh, itu pada kolega kami bukan pada saya," Nazarudin mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Langit AS Bermandi Cahaya Kembang Api di Hari Kemerdekaan

Posted: 04 Jul 2019 08:59 PM PDT

Kembang api menghiasi langit di atas Lincoln Memorial pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July di Washington, DC, Kamis (4/7/2019). Jutaan warga AS di seluruh dunia biasanya menggelar pesta besar untuk merayakan tanggal ini. (ANDREW CABALLERO-REYNOLDS/AFP)

Kembang api menghiasi langit di atas Lincoln Memorial pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July di Washington, DC, Kamis (4/7/2019). Jutaan warga AS di seluruh dunia biasanya menggelar pesta besar untuk merayakan tanggal ini. (ANDREW CABALLERO-REYNOLDS/AFP)

Orang-orang menyaksikan kembang api meledak di atas Lincoln Memorial selama perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau yang dikenal sebagai Fourth of July di Washington, DC, Kamis (4/7/2019). Di Amerika Serikat sendiri, 4 Juli ditetapkan sebagai hari libur nasional. (Alastair Pike / AFP)

Orang-orang menyaksikan kembang api meledak di atas Lincoln Memorial selama perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau yang dikenal sebagai Fourth of July di Washington, DC, Kamis (4/7/2019). Di Amerika Serikat sendiri, 4 Juli ditetapkan sebagai hari libur nasional. (Alastair Pike / AFP)

Kembang api menghiasi langit di dekat Lincoln Memorial pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July di Washington, DC, Kamis (4/7/2019). Perayaan Empat Juli ini mengenang deklarasi kemerdekaan Amerika dari Inggris pada tahun 1776. (AP Photo/Alex Brandon)

Kembang api menghiasi langit di dekat Lincoln Memorial pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July di Washington, DC, Kamis (4/7/2019). Perayaan Empat Juli ini mengenang deklarasi kemerdekaan Amerika dari Inggris pada tahun 1776. (AP Photo/Alex Brandon)

Kembang api terlihat dari Lincoln Memorial  di atas Sungai Potomac pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July di Washington, Kamis (4/7/2019). Jutaan warga AS di seluruh dunia biasanya menggelar pesta besar untuk merayakan tanggal ini. (AP Photo/Andrew Harnik)

Kembang api terlihat dari Lincoln Memorial di atas Sungai Potomac pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July di Washington, Kamis (4/7/2019). Jutaan warga AS di seluruh dunia biasanya menggelar pesta besar untuk merayakan tanggal ini. (AP Photo/Andrew Harnik)

Kembang api menghiasi langit di atas Jembatan Brooklyn selama perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau yang dikenal sebagai Fourth of July di New York, Kamis (4/7/2019). Di Amerika Serikat sendiri, 4 Juli ditetapkan sebagai hari libur nasional. (AP Photo/Frank Franklin II)

Kembang api menghiasi langit di atas Jembatan Brooklyn selama perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau yang dikenal sebagai Fourth of July di New York, Kamis (4/7/2019). Di Amerika Serikat sendiri, 4 Juli ditetapkan sebagai hari libur nasional. (AP Photo/Frank Franklin II)

Kembang api menghiasi langit di atas Lincoln Memorial, Washington Monument dan Capitol A.S. terlihat dari di National Mall selama perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July di Washington, Kamis (4/7/2019). (AP Photo/Jose Luis Magana)

Kembang api menghiasi langit di atas Lincoln Memorial, Washington Monument dan Capitol A.S. terlihat dari di National Mall selama perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July di Washington, Kamis (4/7/2019). (AP Photo/Jose Luis Magana)

Kembang api menghiasi langit malam di atas Gateway Arch dan Old Courthouse sebagai bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat di St. Louis, Kamis (4/7/2019). Jutaan warga AS di seluruh dunia biasanya menggelar pesta besar untuk merayakan tanggal ini. (AP Photo/Jeff Roberson)

Kembang api menghiasi langit malam di atas Gateway Arch dan Old Courthouse sebagai bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat di St. Louis, Kamis (4/7/2019). Jutaan warga AS di seluruh dunia biasanya menggelar pesta besar untuk merayakan tanggal ini. (AP Photo/Jeff Roberson)

Seseorang menyaksikan pertunjukan kembang api pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July dari Liberty Memorial di Missouri, Kamis (4/7/2019). Perayaan Empat Juli ini mengenang deklarasi kemerdekaan Amerika dari Inggris pada tahun 1776 (AP Photo/Charlie Riedel)

Seseorang menyaksikan pertunjukan kembang api pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau dikenal sebagai Fourth of July dari Liberty Memorial di Missouri, Kamis (4/7/2019). Perayaan Empat Juli ini mengenang deklarasi kemerdekaan Amerika dari Inggris pada tahun 1776 (AP Photo/Charlie Riedel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wow, Peyek Cetar Syahrini Harganya 200 Ribu Setoples

Posted: 04 Jul 2019 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Syahrini mulai kembangkan bisnis di dunia kuliner.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Gaya Remaja Rayakan Ulang Tahun untuk Pacar Ini Bikin Miris

Posted: 04 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen bertambahnya usia memang menjadi hal yang dinantikan. Enggak sedikit orang yang merayakan momen ulang tahun tersebut dengan berbagai acara bersama orang tersayang seperti membuat syukuran sederhana.

Ulang tahun menjadi hari ketika seseorang merasa dimanjakan, dicintai, dan mendapat perhatian dari teman dan keluarga. Biasanya ulang tahun dirayakan oleh keluarga, sahabat, bahkan pacar. Biasanya sang pacar akan memberikan kejutan kepada pasangannya di saat ulang tahun.

Namun, apa jadinya jika perayaan ulang tahun dilakukan oleh anak-anak yang beranjak remaja. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 5 gaya remaja rayakan ulang tahun untuk pacar yang bikin miris, Jumat (5/7/2019).

4. Sabar, kok sebel lihat kayak gini ya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digugat Karena Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Tanggapan Anies

Posted: 04 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok masyarakat dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Greenpeace Indonesia, dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta menggugat Pemerintah Provinsi Jakarta hingga Presiden Joko Widodo karena kualitas udara ibu kota yang semakin buruk.

Menanggapi gugatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum.

"Negara ini adalah negara hukum, dan setiap warga negara, setiap badan memiliki hak untuk menempuh jalur hukum atas semua masalah yang dianggap perlu. Jadi kita hargai, kita hormati nanti biar proses hukum berjalan," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Anies menyebut, kualitas udara yang buruk dipengaruhi banyaknya penggunaan transportasi pribadi. Karena itu ia mengimbau agar warga mulai menggunakan transportasi umum.

"Karena itu saya mengajak semua untuk kurangi kendaraan pribadi. Mari gunakan kendaraan umum TJ (Transjakarta) jangkauan sudah lebih luar, ada MRT," ucapnya.

Solusi jangka pendek dari Pemprov DKI, kata Anies, adalah menambah alat ukur udara, mewajibkan uji emisi bagi seluruh kendaraan.

Lebih lanjut, Pemprov DKI juga akan memperketat pemberian izin bengkel. Setiap bengkel kendaraan di Jakarta harus memiliki fasilitas uji emisi.

"Kita akan mewajibkan perpanjangan izin bengkel harus ada fasilitas uji emisi. Semua bengkel di Jakarta 750 bengkel resmi harus memilki kemampuan uji emisi, begitu juga pom bensin," katanya menandaskan.

 

7 Pihak Tergugat

Aktivis berjejer menunggu proses pengajuan gugatan warga menuntut hak mendapatkan udara bersih di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019). Gugatan ditujukan ke Presiden RI, Menteri LHK, Mendagri, Menkes, Gubernur DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, sejumlah aktivis mengajukan gugatan warga negara atau citizen law suit (CLS) kepada sejumlah lembaga pemerintahan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Terdapat tujuh pihak tergugat yakni Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Gubernur DKI Jakarta, serta turut tergugat Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur Banten.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buffon Pilih Kembali ke Juventus karena Cinta

Posted: 04 Jul 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Gianluigi Buffon resmi kembali ke pelukan klub yang membesarkan namanya, Juventus, Kamis (4/7/2019). Penjaga gawang berusia 41 tahun itu memutuskan tidak memperpanjang kontraknya bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Kembali ke Juventus mungkin pilihan mudah bagi Buffon. Sebelumnya, dia berkarier selama 17 tahun bersama juara Serie A tersebut. Sehingga tawaran dari Bianconeri dianggap tak perlu dipertimbangkan secara masak-masak.

Belum lagi dengan fakta bahwa usia Buffon sudah sangat senja sehingga buat sebagian orang. Ia tidak akan diterima di klub lain.

Namun, ternyata semua anggapan tersebut salah. Pasalnya, sang agen mengatakan Buffon sudah menerima banyak tawaran.

"Dia mendapatkan banyak tawaran, terutama dari Premier League dan klub besar lainnya," tutur sang agen, Silvano Martina, kepada media asal Inggris bernama Daily Mail.

"Saya tak ingin menyebutkan nama, itu bukanlah gaya saya tapi saya pikir Anda tidak mengalami masalah untuk memahami [siapa yang menawari Buffon], lanjutnya soal keputusan Buffon pilih Juventus.

 

Rela Potong Gaji

Gianluigi Buffon kembali ke Juventus. (dok Juventus)

Buffon menerima pinangan kontrak Juventus yang berdurasi setahun dengan bayaran 1,5 juta euro. Nilai tersebut jauh dari apa yang mantan kiper Timnas Italia tersebut dapatkan selama bersama Paris Saint-Germain dulu, yakni 4,5 juta euro.

Itu adalah penurunan yang masif dari segi pendapatan dan Buffon tak mempermasalahkan hal tersebut. Martina melanjutkan bahwa Buffon tidak pernah membuat keputusan berdasarkan dompetnya semata, melainkan juga dengan pertimbangan hati.

"Buffon selalu membuat keputusan dengan hatinya dan tak pernah dengan dompetnya," ucap Silvano.

"Anda bisa mengibaratkan kepulangannya seperti seorang suami yang habis berpetualang dan sudah tidak sabar untuk memeluk istrinya lagi," tambahnya.

 

Sangat Cinta Juventus

Silvano mengatakan kecintaan Buffon pada Juventus tak perlu diragukan lagi. "Kecintaan Buffon terhadap Juventus sangatlah kuat. Turin adalah rumahnya, ini sangatlah penting bahkan bagi keluarganya juga," ucapnya.

"Semuanya tinggal di Turin dan pada umur ke-41 tahun, kehadiran keluarga sangatlah penting," tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: MUI 'Pernikahan Sedarah Bulukamba Batal dengan Sendirinya'

Posted: 04 Jul 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Majelis Ulama Indonesia Makassar mengatakan masalah pernikahan sedarah di Bulukamba tidak sah dan batal dengan sendirinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Empat Menteri Ini Layak Dipertahankan Jokowi, Siapa Saja?

Posted: 04 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perbincangan terkait nama-nama yang bakal masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke depan terus bergulir. Selain memunculkan wajah baru, sejumlah pihak menilai beberapa menteri patut dipertahankan lantaran sudah terbukti kinerjanya pada masa pemerintahan sebelumnya.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira beranggapan, setidaknya ada dua nama lama yang wajib mendapat tempat dalam jajaran kabinet kerja jilid II Jokowi. Siapa sajakah kedua orang tersebut?

Pertama, dia mencatut nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti karena dianggap memiliki catatan kinerja baik, khususnya dalam hal ekspor perikanan.

"Ada beberapa menteri yang bagus kinerjanya, misalnya Bu Susi. Dia di sektor perikanan terbukti berhasil naikan ekspor perikanan di saat neraca dagang defisit," jelas dia kepada Liputan6.com, Jumat (5/7/2019).

Aspek berikutnya yang jadi sorotan Bhima yakni terkait nilai tukar nelayan yang cenderung meningkat dibanding nilai tukar petani di sektor lainnya. Dia mencatat, nilai tukar nelayan per Juni 2019 adalah sebesar 106,7, sementara nilai tukar petani hanya 102,3.

"Ini jadi indikator membaiknya daya beli nelayan," sambung dia.

 

Menteri PUPR

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan jalan baru di Bali yaitu ruas jalan Mengwitani-Singaraja. (Dok Kementerian PUPR)

Menteri lain yang dipandangnya laik untuk dipertahankan adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Sebagai pelaksana lapangan pengembangan infrastruktur, ia melanjutkan, kerja Menteri Basuki cukup baik dalam memastikan pembangunan berlangsung secara cepat.

"Ini menteri yang irit bicara dan gayanya eksekutor. Gak neko-neko tapi sesuai semangat Jokowi, kerja, kerja, kerja!" sebut dia.

Menurut Bhima, hanya dua nama itu saja yang sekiranya bisa melanjutkan karir sebagai menteri pada periode berikutnya. Sosok lainnya seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mungkin punya raport bagus, tapi ia masih mencermati banyak kekurangan selama masa kerjanya.

"Selain itu layak diganti. Bu Sri (Mulyani) bagus dalam tekan defisit anggaran, tapi masih banyak PR (Pekerjaan Rumah), terutama dalam pengelolaan utang dan rasio pajak," pungkas Bhima.

Budi Karya dan Retno Marsudi

Senada, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah Redjalam mengatakan, Basuki dan Susi adalah dua sosok yang ideal untuk dipertahankan. Basuki dinilainya sebagai menteri yang paling berperan mewujudkan rencana Jokowi membangun infrastruktur, sementara tak ada yang meragukan kesungguhan dan prestasi Susi melawan mafia perikanan.

Di luar kedua nama itu, Piter menyatakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga laik untuk kembali dibawa masuk ke dalam jajaran pemerintahan untuk 5 tahun ke depan.

"Demikian juga dengan Pak Budi yang menjadi partner paling pas untuk pak Basuki terkait infrastruktur dan kebijakan perhubungan. Menteri Retno saya kira berhasil membangun reputasi indonesia di dunia internasional," tuturnya.

Selain beberapa nama tersebut, Bhima dan Piter sepakat belum ada tokoh lain yang sekiranya bisa melanjutkan karir sebagai menteri pada periode berikutnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Gabung City, Rodri Langsung Sindir MU

Posted: 04 Jul 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Gelandang baru Manchester City, Rodri membuat pernyataan mengejutkan dalam jumpa pers pertamanya. Ia langsung menyinggung rival abadi Manchester City, MU.

Rodri dibeli Manchester City dengan harga 70 juta euro (Rp 1,1 triliun) dari Atletico Madrid. Ia pun menjadi pemain termahal City saat ini.

Menariknya, selain City, Rodri juga diminati MU. Namun pemain berusia 23 tahun itu lebih memilih ke Etihad Stadium.

Rodri menyebut proyek yang ditawarkan City lebih menarik ketimbang MU. Selain itu City juga bermain di Liga Champions musim depan, sedangkan MU hanya bermain di Liga Europa.

MU sendiri hanya membeli dua pemain muda musim panas ini. Yakni Daniel James dari Swansea dan Aaron Wan Bissaka dari Crystal Palace.

 

Komentar Rodri

Manajer Manchester City Pep Guardiola dan para pemainnya merayakan sukses meraih gelar juara Liga Inggris 2018-19. (AP Photo/Frank Augstein)

"Manchester City mungkin telah mengubah sejarah. Dalam lima atau enam tahun terakhir mereka membuat sejarah baru tak hanya di Manchester tetapi juga di Inggris," kata Rodri seperti dilansir Manchester Evening News.

"Saya suka Manchester City apalagi sekarang Manchester semakin biru. Saya beruntung bisa membela klub ini," ujarnya menambahkan.

"Selain itu gaya bermain City menjadi alasan utama saya pindah ke sini. Saya yakin klub ini sangat sesuai dengan saya."

Jadwal

Jadwal pramusim Manchester City

17 Juli 2019 Manchester City Vs West Ham

27 Juli 2019 Yokohama Marinos Vs Manchester City

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Pencemaran Tanah yang Disepelekan Beserta Dampaknya

Posted: 04 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanah merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, bahkan sebelum air. Tanpa adanya tanah, seluruh makhluk hidup tidak bisa bertahan hidup lama. Tanah memiliki banyak peran yang sangat penting untuk menunjang kehidupan makhluk hidup yang ada di daratan khususnya.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga atau merawat tanah agar tidak rusak. Apabila tanah menjadi rusak atau tercemar, akan mengakibatkan rusaknya kondisi lingkungan lainnya yang turut mengambil kebutuhan hidup melalui tanah ini.

Untuk itu, sebisa mungkin kamu menghindari penyebab pencemaran tanah. Ya, ada beberapa penyebab pencemaran tanah yang ternyata banyak dilakukan oleh kita, manusia. Agar kamu lebih bisa menjaga serta merawat kondisi tanah ini, penting untuk memahami penyebab pencemaran tanah.

Berikut ini Liputan6.com, Jum'at (5/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa penyebab pencemaran tanah yang kerap dianggap sepele. Setidaknya, dengan mengetahui atau paham tentang penyebab pencemaran tanah, kamu bisa lebih menjaga tanah untuk kelangsungan hidup manusia yang lebih baik.

Limbah Cair dan Padat

Pencemaran Tanah / Sumber: iStockphoto

Tanpa disadari salah satu penyebab pencemaran tanah yang dianggap sepele adalah adanya limbah cair dan padat. Limbah merupakan sisa dari produksi barang tertentu. Biasanya limbah dihasilkan oleh industri baik industri besar maupun kecil, bahkan rumahan.

Limbah cair berarti limbah yang berbentuk cair atau air. Biasanya limbah cair ini dihasilkan oleh pabrik. Namun siapa sangka, ternyata kegiatan rumah tanggaan juga menghasilkan limbah cair. Beberapa contoh limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga misalnya air bekas cucian yang mengandung detergen atau sabun. Ya, limbah cair ini bisa mencemari tanah karena sifatnya yang meresap ke dalam tanah sehingga dapat merusak kandungan zat-zat baik yang ada di tanah.

Begitu juga dengan limbah padat, yang berarti limbah padat dari sisa kegiatan produksi atau konsumsi yang bentuknya padat. Limbah padat banyak dihasilkan oleh pabrik yang berupa bubur atau lumpur, maupun yang disebabkan oleh kegiatan rumah tangga seperti plastik, kertas, daun dan lain sebagainya.

Limbah padat tentu tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia. Limbah padat ini nantinya akan mengotori tanah dan membuatnya terganggu. Selain itu, limbah padat juga dapat memperburuk pemandangan.

Limbah Organik dan Anorganik

Pencemaran Tanah / Sumber: iStockphoto

Penyebab pencemaran tanah selanjutnya adalah limbah organik dan anorganik. Limbah organik sendiri merupakan limbah yang keberadaannya dapat diuraikan dengan segera atau dalam waktu yang cukup singkat. Pada limbah organik ini ternyata juga kerap dihasilkan atau ditemukan dalam kegiatan rumah tangga maupun industri skala kecil. Ya, beberapa contoh limbah organik ini seperti sisa nasi, sayuran, dedaunan, dan lain sebagainya.

Limbah ini kerap dianggap lebih baik dan tidak terlalu berbahaya untuk tanah apabila dibandingkan dengan limbah anorganik. Hal ini dikarenakan limbah organik dapat diuraikan dengan cepat. Namun apabila tanah kelebihan kadar limbah organik ini, juga akan mempengaruhi tumbuh kembang tanaman yang ada di sekitarnya.

Nah, sedangkan limbah anorganik adalah kebalikan dari limbah organik. Limbah ini menjadi salah satu penyebab pencemaran tanah yang sulit untuk diuraikan atau bisa diuraikan namun dalam jangka waktu yang sangat lama. Beberapa contoh limbah anorganik ini adalah botol bekas, plastik, kaleng, dan lain sebagainya.

Limbah anorganik tidak hanya menyebabkan pengotoran pada tanah saja, melainkan juga bisa menyebabkan sarang nyamuk karena sifatnya yang dapat menampung air hujan. Limbah ini memang bisa dibasmi dengan segera dengan cara dibakar, namun kebanyakan dari limbah anorganik ini berbentuk limbah padat.

Limbah Pertanian

Pencemaran Tanah / Sumber: iStockphoto

Siapa sangka penyebab pencemaran tanah juga bisa berasal dari kegiatan bertani. Ya, ternyata pertanian menghasilkan banyak limbah. Salah satunya adalah limbah pupuk kimia dan juga pestisida yang dimana keduanya merupakan produk umum yang digunakan.

Pupuk dan pestisida yang mengandung banyak bahan kimia ini akan dapat meresap ke dalam tanah. Hal ini mengakibatkan rusaknya jaringan-jaringan tanah sehingga lama-kelamaan tanah menjadi tidak subur dan tidak produktif lagi jika digunakan untuk bercocok tanam.

Kebakaran Hutan hingga Bencana Alam

Pencemaran Tanah / Sumber: iStockphoto

Kebakaran Hutan

Selain limbah yang disebabkan oleh aktivitas manusia, kebakaran hutan juga merupakan salah satu hal yang dapat mencemari tanah. Ya, hutan yang telah terbakar biasanya akan sulit untuk ditanami kembali. Hal ini dikarenakan kandungan zat-zat penting yang ada di dalam tanah telah mati dan rusak oleh api.

Bencana Alam

Penyebab pencemaran tanah ternyata juga bisa berasal dari alam. Salah satunya adalah bencana alam. Misalnya saja saat banjir, lapisan unsur hara tanah akan menghilang terbawa arus air sehingga membuat tanah menjadi tercemar.

Begitu juga saat gunung berapi meletus, tanah akan tertutup oleh abu vulkanik, pasir, dan material lainnya yang membuat tanah menjadi kering. Namun, saat kembali ke keadaan normal, tanah yang tertutup tersebut akan menjadi subur kembali seiring berjalannya waktu.

Itu tadi beberapa penyebab pencemaran tanah yang kerap dianggap sepele oleh beberapa orang, yang ternyata memiliki dampak atau pengaruh besar terhadap kondisi tanah.

Dampak Pencemaran Tanah

Dampak Pencemaran Tanah / Sumber: iStockphoto

Nah, setelah mengetahui penyebab pencemaran tanah, kamu juga perlu mengetahui dampak yang bisa terjadi dari pencemaran tanah ini. Berikut ini beberapa dampak pencemaran tanah:

Gangguan pada Kesehatan

Ya, salah satu dampak dari rusak atau tercemarnya tanah adalah bisa mengganggu kesehatan manusia. Kamu dapat terpengaruh oleh polusi tanah dengan cara menghirup gas yang dipancarkan dari tanah yang bergerak ke atas atau bisa juga melalui penghirupan benda yang terangkut oleh angina karena berbagai aktivitas manusia.

Pencemaran tanah ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, mual, kelelahan, ruam kulit, iritasi mata, dan lain sebagainya. Tanah yang tercemar ini juga berpotensi mengakibatkan kondisi yang lebih serius seperti penyumbatan neuromuscular, kerusakan ginjal, hati, serta berbagai bentuk kanker.

Mengganggu Khidupan Ekosistem

Dampak dari pencemaran tanah ini juga bisa berdampak pada ekosistem yang telah ada. Ya, tanah sangat mudah mendapatkan perubahan kandungan kimiawi kemudian struktur di dalamnya sekalipun. Perubahan kandungan kimia pada tanah akan mengakibatkan perubahan metabolisme pada organisme yang hidup di dalam tanah. Akibatnya bisa menyebabkan putusnya rantai makanan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Pria yang Setia Menemani Vanessa Angel, Siapa Dia?

Posted: 04 Jul 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usai bebas, Vanessa Angel pun menggelar syukuran dan juga pengajian yang mengundang anak-anak dari panti asuhan di apartemen Brawijaya, Jakarta Selatan pada Rabu (3/7/2019).

Namun ada yang menarik perhatian, terlihat sosok pria yang setia menemani Vanessa Angel dari awal hingga kasusnya berakhir. Ya, Milano Lubis selaku kuasa hukum aktris muda ini yang memang memiliki tanggung jawab membantu kliennya.

Walaupun sempat ditanyakan mengenai hubungan keduanya, Milano Lubis mengungkapkan bahwa Vanessa hanya sebatas klien saja dan tak ada hubungan spesial lainnya.

Pada acara syukuran tersebut, Vanessa Angel tampil dengan busana putih serta balutan hijab. Ingin tahu suasana syukuran Vanessa? Simak selengkapnya di channel Celeb360 di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harimau Bonita dan Atan Bintang Bebas Akhir Juli

Posted: 04 Jul 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, Suharyono mengatakan, harimau sumatra Bonita dan Atan Bintang akan dilepasliarkan ke kawasan hutan di wilayah Provinsi Riau pada akhir Juli ini.

Kedua harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) tersebut kini masih berada di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat.

Suharyono mengatakan, kawasan hutan tempat pelepasliaran harimau betina Bonita dan harimau jantan Atan Bintang sengaja tidak dipublikasikan agar tidak memicu perburuan terhadap satwa dilindungi tersebut.

Bonita dan Atan, katanya, kemungkinan besar akan dilepasliarkan di area yang sama karena jenis kelamin mereka berbeda sehingga tidak akan saling berebut teritori.

"Kalau jantan dan betina tidak masalah dilepas di kawasan yang sama. Ini karena tidak akan terlalu terkait masalah teritori," ujarnya dikutip Antara, Jumat (5/7/2019).

Ia menambahkan petugas akan memasang kalung GPS pada kedua harimau tersebut supaya bisa tetap memantau pergerakan mereka.

"Nantinya kalung yang bisa mendeteksi keberadaan kedua satwa liar itu akan kami pasangkan," katanya.

Pada November 2018, satu harimau terjebak di kolong bangunan rumah toko (Ruko) di Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Tim Rescue BBKSDA Riau baru bisa mengevakuasi harimau itu tiga hari kemudian. Harimau jantan yang diberi nama Atan Bintang itu kemudian dititipkan di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya (PR-HSD).

Sementara itu, harimau sumatera liar Bonita sempat membikin heboh karena menerkam warga dan keluar pada siang hari di kawasan perkebunan kelapa sawit PT Tabung Haji Indo Plantation (THIP) di Kecamatan Pelangiran, Indragiri Hilir, Riau. Selama empat bulan sejak Januari hingga April 2018, harimau yang diperkirakan berusia empat tahun itu menerkam dua orang hingga meninggal dunia.

Pencarian Bonita menjadi upaya penyelamatan dan relokasi harimau sumatra terlama di Indonesia. Setelah ditangkap, Bonita juga dititipkan di PR-HSD yang dikelola oleh Yayasan Arsari Djojohadikusumo.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Rekor Bagus di Sachsenring, Marquez Waswas Hadapi MotoGP Jerman

Posted: 04 Jul 2019 08:35 PM PDT

Jakarta - Meski memiliki rekam jejak gemilang di Sirkuit Sachsenring, Marc Marquez masih dihinggapi rasa waswas menghadapi MotoGP Jerman, Minggu (7/7/2019). Sumber kekhawatiran pembalap Repsol Honda itu adalah hasil balapan di Sachsenring pada musim lalu. 

Rekor Marquez di Sachsering benar-benar mengagumkan. Dia selalu merebut pole dan juara dalam sembilan tahun terakhir, mulai kelas 125cc hingga MotoGP

Namun, raihan musim lalu membuat Marquez menyimpan kekhawatiran. Dia menjadi satu-satunya pembalap Honda yang finis di posisi tujuh besar, meskipun meraih podium utama.

Rekan setimnya saat itu, Dani Pedrosa, hanya finis kedelapan. Fakta itu rupanya mengusik pembalap asal Spanyol tersebut. 

"Filosofi yang kami anut dalam dua tahun terakhir adalah berusaha konsisten di semua trek. Itulah cara kerja kami dan pada musim lalu kami berhasil memenangi balapan. Tapi, posisi kedua dan ketiga ditempati Yamaha, sedangkan urutan keempat, kelima, enam, dan tujuh dihuni Ducati. Itu berarti sesuatu," kata Marquez, seperti dilansir Crash, Jumat (5/7/2019). 

"Kami tahu titik terkuat dan terlemah kami. Setelah itu, kami berusaha memperbaiki kelemahan. Tapi, seperti di Assen kami kesulitan sepanjang akhir pekan, tapi saat balapan kami bisa (naik podium), itu hal terpenting," imbuh Marc Marquez jelang MotoGP Jerman. 

 

Kompetitif Sejak Awal

Baby Alien berusaha tak terlihat terlalu ambisius di Sachsenring. Targetnya merampungkan balapan dengan mulus dan meraih poin maksimal. 

"Kami akan lihat pada akhi pekan dan lawan akan menunjukkan posisi serta level mereka. Target kami adalah berusaha bekerja sebaik mungkin dan kompetitif sejak awal," ujar Marquez. 

"Tentu saja saya punya pengalaman di Austin (MotoGP AS 2019) ketika setiap orang memprediksi saya juara. Tapi, sayangnya itu menjadi akhir pekan terburuk pada paruh pertama musim ini," sambung pembalap asal Spanyol itu. 

Sumber: Bola.com 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Gempa Magnitudo 6,4 Guncang California

Posted: 04 Jul 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kawasan California, AS diguncang gempa dengan magnitudo 6,4. Kekuatan gempa membuat warga panik dan ketakutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maksimalkan Pesta Pernikahan dengan Keunikan Holographic Photo Card

Posted: 04 Jul 2019 08:33 PM PDT

Jakarta Pesta pernikahan kini hadir dengan tema yang kian beragam, Ada yang memilih gaya tradisional, modern, hingga kekinian. Bukan hanya venue, dekorasi, dan pakaian pengantin yang akan mengikuti tema, tetapi juga photo booth menarik yang dapat menghibur para undangan sekaligus menciptakan kenangan.

Biasanya, photo booth di pesta pernikahan fokus pada background dan atribut yang dapat dipegang para undangan saat berfoto. Namun kini, the Holo Grail membawa tren foto booth baru yang unik dan berbeda dari yang lain. 

Menjadi yang pertama, the Holo Grail photobooth yang berasal dari Singapura ini menghadirkan konsep holographic photo cards yang unik. Bukan hanya menggemaskan, holographic photo cards juga dapat menyimpan momen berharga dalam pesta pernikahan dengan cara yang jauh lebih menarik. 

The Holo Grail ini sebenarnya baru saja diluncurkan di Indonesia pada Juni 2019 kemarin. Tim the Holo Grail akan mengabadikan foto sebanyak 3 kali, dan kemudian dicetak menjadi satu photo card dengan efek holographic. 

Berbagai Benefit the Holo Grail

Menurut Co-Owner the Holo Grail Janet Prasetio, untuk menghadirkan the Holo Grail ke acara pernikahanmu, cukup dengan memilih paket berdasarkan berapa lama acara berlangsung. 

"Jadi nanti kamu tinggal pilih mau berapa jam, setelah itu diskusi mengenai backdrop yang akan disesuaikan dengan tema dan konsep acara. Nanti akan ada 3 crew kami yang akan datang untuk set up & tear down sekaligus stay di sana untuk membantu para undangan berfoto," kata Janet. 

Setelah memilih antara 2 jam, 3 jam, 4 jam atau seharian penuh, kamu bisa langsung melakukan pembayaran. Selain melakukan pembayaran langsung, kamu juga bisa book lewat Bridestory dan mendapatkan diskon hingga 20%. 

Dengan potongan harga tersebut, harga untuk menyewa the Holo Grail dimulai dari Rp7.650.000 hingga Rp16.800.000 untuk pemakaian seharian penuh. 

Dengan harga yang cukup terjangkau itu, kamu sudah mendapatkan berbagai benefits, seperti unlimited holographic photo cards, live feed of gifs on a large format screen, free photo frame customisation, standard backdrop & props, post event reports, set up & tear down, serta 3 crew yang akan hadir selama waktu penyewaan booth. 

 

Bukan Cuma Photobooth di Pesta Pernikahan

The Holo Grail | Karla Farhana

Pada dasarnya, the Holo Grail ini bukan cuma menawarkan photobooth & holographic photo card untuk pesta pernikahan. Tetapi juga dibuat sebagai undangan pesta pernikahan, ulang tahun, wedding souvenir, luggage tag, dan lain sebagainya. 

The Holo Grail bukan hanya cuma hadir di Singapura, tetapi juga di Jakarta dan Bali. Untuk pemesanan di luar kota, the Holo Grail akan mengenakan additional crew and charge. 

Menurut Janet, biasanya di Singapura the Holo Grail ramai digunakan untuk berbagai corporate events. Sementara di Indonesia, selain untuk pesta pernikahan, juga banyak digunakan pada acara pesta ulang tahun. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Berakibat Fatal, Ini 4 Bahaya Mengucek Mata Bagi Kesehatan

Posted: 04 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengucek mata mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Biasanya saat kemasukan debu atau terasa gatal di area sekitar mata, kebanyakan orang langsung menguceknya dengan tangan.

Walaupun hal tersebut memang ampuh menangani masalah gatal atau kemasukan debu, namun bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Bahkan bisa membuat mata menjadi buta bila terlalu sering dilakukan.

Hal ini bisa terjadi karena saat mengucek mata, otomatis tangan akan menekan bagian-bagian mata. Terlalu sering mengucek mata bisa menyebabkan berbagai penyusun mata berubah bentuk atau bahkan bisa merusaknya.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang bahaya mengucek mata dari berbagai sumber, Jumat (5/7/2019).

Menyebabkan Mata Panda

Ilustrasi mata panda (iStockphoto)

Bahaya mengucek mata yang pertama adalah dapat menyebabkan mata panda. Banyak orang yang menganggap mata panda atau kantung mata hitam ini hanya disebabkan oleh kurang tidur saja.

Padahal sebenarnya mengucek mata juga dapat mengakibatkan mata panda, bahkan bila dilakukan terlalu sering akan menyebabkan kantung mata semakin membesar. Hal ini tergantung kepada kebiasaan mengucekmu, semaikn sering dan semakin keras kamu mengucek mata, maka akan semakin parah pula kantung mata hitam.

Infeksi

Ilustrasi Bulu Mata Lentik | unsplash.com

Penyebab utama tidak dibolehkannya mengucek mata adalah kondisi kebersihan tangan. Bila tangan yang digunakan untuk mengucek belum dicuci dengan bersih, maka bisa mengakibatkan terjadinya infeksi pada mata.

Hal ini disebabkan karena pada tangan yang tidak bersih tentunya menempel banyak sekali kuman yang tidak sehat. Maka dari itu, kegiatan mengucek mata bisa mengakibatkan infeksi.

Tidak jarang infeksi yang terjadi pada mata semakin parah dan menjadi bintitan bila kamu terus-menerus menggosoknya. Bintitan ditunjukkan dengan kelopak mata yang menjadi merah dan membesar. Bintitan akan membuat kamu semakin ingin menguceknya, namun dengan mengucek mata yang sudah bintitan maka sakitnya akan semakin parah.

Kornea Berubah Bentuk

Kornea Berubah Bentuk (doc: Getty Images/HuffingtonPost)

Bahaya yang lebih fatal lagi dari mengucek mata adalah bisa membuat kornea mata berubah bentuk. Kornea yang normalnya berbentuk seperti kubah atau seperti bola dapat berubah menhadi seperti bentuk kerucut karena kornea menonjol ke luar.

Gangguan mata ini disebut dengan Keratoconus. Hal ini disebabkan karena sel-sel pada kornea rusak dan tidak bisa lagi menahan bentuk normalnya.

Kondisi mata yang korneanya sudah berubah bentuk karena sering dikucek dapat membuat kamu susah untuk melihat tanpa menggunakan kacamata atau lensa. Jadi jangan sampai terlalu sering mengucek mata.

Glaukoma

Glaukoma adalah salah satu penyebab utama kebutaan di dunia. (Foto: Pixabay)

Bahaya selanjutnya yang lebih fatal lagi adalah dapat mengakibatan penyakit mata, yang disebut dengan glaukoma. Penyakit ini diakibatkan oleh rusaknya saraf mata karena adanya tekanan yang bisa terjadi karena mengucek mata terlalu keras dan terlalu sering.

Bila tidak segera ditangani, glaukoma bisa menjadi tambah parah. Gejala glaukoma jarang diketahui pada saat awal menderita. Biasanya seseorang baru merasakan gejalanya saat sudah terlalu parah dan bahkan bisa membuat seseorang menjadi buta.

Jadi kamu harus sebisa mungkin menghindari mengucek mata agar kesehatan mata tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan tangan misalkan kamu kelupaan dan sudah menyentuh mata.

Solusinya bila mata terasa gatal atau kemasukan debu adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Jadi kamu tidak perlu mengucek atau menggaruknya lagi agar kesehatan mata tetap terjaga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Latih Kuli Bangunan di Manokwari

Posted: 04 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) latih sebanyak 51 orang pekerja bangunan di Manokwari untuk meningkatkan kualitas pembangunan perumahan. Khususnya dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah di wilayah tersebut.

"Kami akan terus melakukan pembinaan bagi para pekerja bangunan melalui kegiatan uji kompetensi bidang perumahan di wilayah Manokwari, Papua Barat," ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertenru (SNVT) Penyediaan Perumahaan Papua Barat, P M Dessyarmeda Killian, Jumat (5/7/2019).

Materi pelatihan yang disampaikan kepada 51 kuli bangunan tersebut, lanjutnya, meliputi pengenalan mengenai bentuk konstruksi bangunan hingga cara mengoperasikan alat bangunan serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Adapun kegiatan uji kompetensi bagi para pelaksana program BSPS di Manokwari, Papua Barat ini berlangsung pada tanggal 2-3 Juli 2019 di balai Kampung Desay SP2 Distrik Prafi. Peserta uji kompetensi merupakan para pekerja bangunan program BSPS dan warga lokal.

 

Mengurangi Kecelakaan Kerja

Pemkot Tangerang tuntaskan program bedah rumah 2018 dengan merehab 1.000 rumah.

Kegiatan ini, Dessyarmeda menjelaskan, merupakan arahan langsung dari Direktur Jenderal Penyediaan Perumahahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid untuk meningkatkan kinerja dan meminimalisasi kecelakaan dalam bekerja.

"Keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi yang selanjutnya disingkat K3 adalah materi yang wajib dipelajari dan dipahami bagi seluruh pekerja bidang kontruksi. K3 itu wajib bagi kita, agar resiko kecelakaan kerja dapat diminimalisir," terangnya.

Sementara itu, Koordinator Pemberdayaan di Papua Barat dari Balai Jasa Konstruksi wilayah VII Jayapura, Martinus Nafa mengatakan, para pekerja akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan di proyek lain jika kegiatan bedah rumah ini sudah selesai. "Uji Kompetensi ini dinilai langsung oleh tim dari asesor dari LPJK Papua Barat," tandasnya.

Pemda Diminta Miliki Perencanaan Pembangunan Perumahan

Bripka Prima Yananta, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Panongan, Polresta Tangerang yang rela menyisihkan gajinya untuk membedah rumah Sawani. (Liputan6.com/Rezki Apriliya Iskandar)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus berupaya mendorong pembangunan perumahan di daerah.

Salah satunya dengan mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk memiliki Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) bagi masyarakat.

"Hingga saat ini, banyak Pemda yang belum menyusun RP3KP. Padahal RP3KP sangat penting untuk pelaksanaan program perumahan di daerah," ujar Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dwityo Akoro Soeranto usai membuka Rapat Koordinasi Bidang Perencanaan Perumahan Regional Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua Tahun 2019 di Ambon, Rabu (3/7/2019).

Rapat ini sebagai salah satu bentuk bimbingan bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Hal ini sesuai amanah PP 88 Tahun 2014 tentang pembinaan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman.

Menurut pria yang akrab disapa Koko tersebut, Kementerian PUPR siap mendampingi Pemda yang ingin menyusun dokumen RP3KP. Target pemerintah adalah bagaimana backlog rumah tidak laik huni bisa berkurang.

Sebab, ia menambahkan, rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap warga negara Indonesia sesuai dengan amanah UUD 1945 Pasal 28H.

"Terjadinya backlog perumahan disebabkan oleh beberapa hal. Antara lain sulitnya memperoleh lahan di perkotaan, alokasi anggaran yang tidak sesuai dengan target, kenaikan harga bahan bangunan, belum optimalnya regulasi yang mengatur bidang perumahan dan kawasan permukiman (PKP)," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buffon Kembali ke Juventus: Arti Nomor 77 dan Nyaris Main di Liga Inggris

Posted: 04 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Gianluigi Buffon kembali ke Juventus setelah berpetualang di Prancis bersama Paris Saint-Germain (PSG). Dia menandatangani kontrak baru berdurasi satu tahun bersama Juventus.

Setelah kembali ke Juventus, klub yang ditinggalkannya pada 2018, Buffon menggunakan nomor punggung 77. Dia tidak mau merebut nomor lamanya, yang kini telah menjadi milik Wojciech Szczesny.

Nomor 77 bagi Buffon punya arti tersendiri. Itu merupakan angka yang digunakannya saat masih memperkuat Parma pada 1995 hingga 2001. Nomor itu tak sengaja digunakan oleh Buffon saat masih bersama Parma.

Sebelumnya, Buffon menggunakan nomor punggung 88, yang dikonotasikan sebagai simbol Nazi. Nomor itu dianggap representasi dari huruf alfabet ke delapan, HH atau Heil Hitler (salut untuk Adolf Hitler). Namun di Italia, 88 diartikan sebagai nomor kebangkitan.

Akhirnya Buffon mengenakan nomor 77 di penghujung kariernya di Parma. Nomor yang mengantarnya pindah ke Juventus dan menjadi legenda Si Nyonya Tua.

"Saya berpikir tentang nomor 77, itu merepresentasikan sejarah saya. Saya punya nomor ini di Parma dan memberi saya keberuntungan. Saya sangat menyukainya," ujar Buffon di laman resmi Juventus.

"Saya berterima kasih kepada Szczesny dan Chiellini yang menawarkan kepada saya jersey nomor 1 dan ban kapten. Namun, saya tidak kembali untuk mengambil sesuatu dari seseorang atau merebutnya lagi," kata kiper Juventus asal Italia tersebut melanjutkan.

 

Nyaris Main di Liga Inggris

Gianluigi Buffon bersama Pavel Nedved. (dok. Juventus)

Sebelum meneken kontrak dengan Juventus, Buffon sebenarnya dapat tawaran bermain di Liga Inggris. Sang agen, Silvano Martina membenarkan, bahkan ada raksasa Portugal, Porto yang tertarik merekrut kiper berusia 41 tahun tersebut.

"Dia dapat banyak tawaran, khususnya dari Premier League dan tim-tim besar lainnya. Saya tidak menyebut nama, itu bukan gaya saya, tapi saya rasa Anda tidak akan kesulitan untuk mengerti," katanya, dikutip dari Football Italia.

"Buffon selalu membuat pilihan dengan hatinya. Dia tidak pernah melihat isi dompet. Anda tidak bisa membandingkannya dengan orang lain. Ini seperti, seorang suami yang sudah tidak sabar memeluk istrinya setelah berpetualang," ucap Martina.

 

Pemain Pelapis

Buffon akan melapis Wojciech Szczesny. Buffon mengejar rekor penampilan terbanyak di Liga Italia milik legenda AC Milan Paolo Maldini. Buffon cuma butuh delapan laga lagi untuk melewati pencapaian Maldini.

Selain itu, Buffon juga masih penasaran ingin menjuarai Liga Champions. Dia belum pernah juara Liga Champions meski tiga kali tampil di partai final bersama Juventus.

Buffon menjadi pemain gratisan ketiga yang didapat Juventus pada musim panas 2019. Sebelumnya Juventus merekrut dua gelandang gratisan, Adrien Rabiot dan Aaron Ramsey.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Cut Mini Selalu Tolak Main Film Horor

Posted: 04 Jul 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Cut Mini bermain dalam film horor berjudul Ikut Aku Ke Neraka. Padahal, Cut Mini mengaku kalau dirinya enggan bermain film horor. Beberapa tawaran main sebelumnya pun selalu ditolaknya.

"Waktu dihubungi manager saya langsung mementahkan tawaran karena dia tahu sekali saya tidak mau main film horor. Jadi keputusan langsung dari manager tanpa perlu tanya lagi ke saya," ujar Cut Mini saat press screening Ikut Aku Ke Neraka di CGV Cinemas Grand Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

Film besutan Azhar Kinoi Lubis bukan horor pertama yang ditolak oleh Cut Mini. Ia pun akhirnya mengungkap alasan mengapa selalu menolak genre yang banyak digemari masyarakat Indonesia tersebut.

"Saya itu penakut. Khawatirnya nanti saya lebay ketika di lokasi sehingga bikin ribet misal schedule harus tunda karena saya takut atau gimana. Sampai akhirnya sutradara sama produser telepon, baru tiga minggu kemudian saya bilang 'Udah iyain aja' ke manager," kata pemilik nama lengkap Cut Mini Theo tersebut.

 

Syarat

(Adrian Putra/Fimela.com)

Tentunya ada syarat yang harus dipatuhi Azhar Kinoi Lubis selaku sutradara supaya Cut Mini yakin menyetujui keterlibatannya. Yakni tidak ada adegan atau pertemuan dengan pemeran hantu di lokasi.

"Akhirnya saya bilang ke Mas Kinoi, 'Oke Mas aku mau terlibat, tapi aku nggak mau kayak gitu dideketin (pemeran hantu)', terus dibilang 'Nggak kok tenang aja'. Akhirnya saya ikut karena setelah baca skenarionya memang bagus, banyak ide-ide keluar di kepala setelah baca beberapa kali," paparnya.

 

Dicoba

Cut Mini (Sumber: Instagram/cutminiteo)

"Manager saya juga penasaran sebenernya. Katanya 'Ya udah Ibu coba aja, paling nggak Ibu keluar dari zona yang sudah Ibu mainkan'. Ya sudah saya coba, kalau emang nggak berhasil, nggak usah terima (tawaran) yang lain-lain," sambungnya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: