Senin, 15 Juli 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


KPK Sebut Koruptor Nikmati Setengah Anggaran Pengadaan Ruang Terbuka di Bandung

Posted: 15 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendalami kasus dugaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung. Berdasar hasil pemeriksaan, besaran anggaran yang dikorupsi hampir setengahnya.

"Sampai saat ini, dari alokasi anggaran Rp 123,9 miliar, dari proses perhitungan saat ini diduga negara dirugikan Rp 60 miliar," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dia mengatakan, banyak pihak yang diduga menerima aliran dana pengadaan tanah dan RTH di lingkungan Pemkot Bandung, tahun anggaran 2012-2013. Aliran uang korupsi tersebut diduga mengalir ke para tersangka dalam kasus ini serta sejumlah pihak lain di Bandung.

"KPK sedang menelusuri pihak-pihak yang menikmati aliran dana tersebut," kata Febri.

Sejauh ini, KPK sudah menerima pengembalian uang dalam bentuk rupiah senilai puluhan juta dari sejumlah pihak. Tak hanya itu, KPK juga menerima pengembalian 5 bidang tanah dalam perkara ini.

"Ada yang telah secara koperatif mengembalikan dalam bentuk uang senilai puluhan juta rupiah dan 5 bidang tanah," kata Febri.

Febri mengimbau agar mereka yang turut menikmati uang bancakan tersebut segera mengembalikan ke KPK. Hal tersebut demi mempermudah proses hukum.

"KPK juga mengimbau agar pihak-pihak lain yang pernah menerima uang terkait RTH ini agar segera mengembalikan pada KPK. Hal tersebut pasti akan dipertimbangkan sebagai faktor yang meringankan dan juga dapat membantu penanganan perkara ini," kata dia.

 

3 Tersangka

Ilustrasi Korupsi (iStockPhoto)

Pada kasus ini, KPK menetapkan mantan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat (HN) sebagai tersangka kasus dugaan pengadaan tanah ruang terbuka hijau (RTH) di Pemkot Bandung Tahun Anggaran 2012/2013.

Selain Herry, KPK menjerat dua legislator kota kembang tersebut, yakni Tomtom Dabbul Qamar (TDQ) dan Kadar Slamet (KS) yang merupakan anggota DPRD Bandung 2009-2014 sekaligus Badan Anggaran (Banggar).

"KPK membuka penyelidikan dan menemukan dua alat bukti yang cukup dan kemudian ditingkatkan ke penyidikan," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (20/4/2018).

KPK menyebut, alokasi anggaran yang dikeluarkan untuk RTH sebesar Rp 123,9 miliar yang terdiri dari belanja modal tanah dan belanja penunjang untuk enam RTH. Dua di antaranya yakni RTH Mandalajati dengan anggaran Rp 33,445 miliar dan RTH Cobiru dengan anggaran Rp 80,7 miliar.

Diduga, TDQ dan KS meminta penambahan anggaran. Keduanya juga diduga sebagai makelar dalam pembebasan lahan. Sedangkan Herry, selalu pengguna anggaran membantu proses pencairan anggaran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedang Berbulan Madu, Beauty Vlogger Inggris Kaget Diguncang Gempa Bali

Posted: 15 Jul 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Selasa (16/7/2019) pagi ini sekitar pukul 07.18 WIB, terjadi gempa Bali dengan magnitudo 5,8. Akibat lindu ini, sejumlah bangunan dan fasilitas umum di Pulau Dewata mengalami kerusakan.

Gempa Bali ini, tentu saja mengagetkan warga maupun turis yang sedang mengunjungi destinasi wisata populer itu.

Salah satunya adalah Kaushal, seorang beauty vlogger keturunan India asal Inggris. Rupanya saat gempa Bali terjadi, ia sedang menikmati bulan madu bersama suaminya, penulis Vex King, di Ubud.

Ia langsung mencurahkan kekagetannya ini lewat Twitter pribadinya.

"Sedang di Bali untuk berbulan madu dan mengalami gempa di Ubud - rasanya berlangsung sangat panjang! Memantau Twitter untuk informasi lebih lanjut...Semoga semuanya selamat," tuturnya.

Doa untuk Bali

Kaushal (Instagram/ kaushal)

Tak hanya di Twitter, Kaushal juga kembali mencurahkan isi hatinya lewat Instagram Story. Kaushal menyebut bahwa ia terus memantau informasi lewat Twitter.

"Semoga semua yang di Bali selamat," tuturnya sambil menyertakan emotikon doa.

 

Menikmati Bulan Madu

Kaushal (Instagram/ kaushal)

Sebelum gempa Bali terjadi, Kaushal tampak begitu menikmati bulan madunya.

Ia membagikan waktunya selama berada di Bali lewat Instagram Stories. Mulai dari menghirup kopi Bali, ikut kursus memasak, dan makan kuliner Pulau Dewata.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Bali Tak Pengaruhi Penyaluran BBM dan Elpiji

Posted: 15 Jul 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) memastikam, penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji di Bali masih berjalan normal, pasca gempa bali dengan magnitudo 5,8 yang mengguncang wilayah tersebut.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) V Rustam Aji mengatakan, Kegiatan penyaluran BBM Dan Elpiji di Bali masih berjalan normal.

"Alhamdulillah penyaluran BBM dan Elpiji masih normal," kata Rustam, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Menurut Rustam, berdasarkan pemeriksaan pasca terjadinya gempa yang terjadi pada Selasa (16/7/2019) Pukul 07.18 Wita, kondisi sarana dan fasilitas penyaluran BBM dan Elpiji milik Pertamina tidak mengalami kerusakan akibat gempa.

"Sehingga penyaluran BBM maupun Elpiji tetap dapat dilakukan secara normal dan lancar," ujarnya.

Dia menyebutkan, sarana dan fasilitas tersebut adalah Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), Termina BBM Manggis, seluruh Stasiuan Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE).

"Seluruh sarana dan fasilitas SPBU dan SPBE di Bali dalam kondisi aman dan baik," tandasnya.

Pasokan Listrik di Bali Normal Usai Diguncang Gempa Magnitudo 5,8

Puing-puing dari bangunan gapura Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Duaakibat gempa di Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8  yang mengguncang Bali dilaporkan terasa hingga ke Lombok dan wilayah Jawa Timur, seperti Jember dan Lumajang. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

PT PLN (Persero) menyatakan pasokan listrik Bali tetap normal usai gempa yang mengguncang wilayah tersebut dengan magnitudo 5,8, pada Selasa (16/7/2019) Pukul 17.18 Wita.

General Manager PLN Distribusi Bali Nyoman Astawa menyatakan, saat ini kondisi pasokan listrik di Bali berjalan normal, tidak ada yang mengalami pemadaman akibat gempa.

"Alhamdulillah aman, tidak ada pemadaman akibat gempa," kata Nyoman, saat‎ berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Menurut Nyoman, pasca gempa sebagian wilayah Bali tepatnya di Nusa Dua sempat mengalami pemadaman, namun saat ini pasokan listrik di wilayah tersebut sudah k‎embali normal.

"Sempat sebagian Nusa‎ Dua padam," ujarnya.

Pemadaman disebabkan Trafo Unit I di Nusa Dua pengalami gangguan (trip), tetapi masalah tersebut dapat diatasi dalam waktu cepat. Sehingga masyarakat kembali menikmati listrik dengan normal.

"Hanya sempat Trafo Unit 1 Nusa Dua trip, tapi sudah masuk normal kembali," tandasnya.

Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Bali, Warga Berhamburan

Pemuka agama memantau kerusakan pada bagian candi yang runtuh akibat gempa di Pura Lokanatha, Denpasar, Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8  yang mengguncang Bali tidak menimbulkan korban jiwa, tapi sejumlah bangunan di beberapa kawasan mengalami kerusakan. (AP/Firdia Lisnawati)

Untuk diketahui, gempa mengguncang Bali. Getaran cukup keras dirasakan warga. Akibatnya, sejumlah warga berhamburan ke luar rumah.

Seperti di Dusun Wanasari, Jalan Ahmad Yani Selatan Denpasar. Sejumlah warga yang panik dengan kencangnya guncangan gempa berlari ke luar rumah.

Sejumlah siswa di sekolah juga panik ke luar kelas.

Laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, kekuatan gempa 6,0 magnitudo terjadi pada pukul 07.18 Wita.

Lokasi gempa 9.11 LS,114.54 BT (83 kilometer Baratdaya Nusa Dua-Bali dengan kedalaman 68 kilometer. Kendati begitu, gempa tidak menimbulkan tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M 6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 5,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 kilometer arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali pada kedalaman 104 kilometer.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Restorasi Katedral Notre Dame Usai Kebakaran Hebat

Posted: 15 Jul 2019 10:15 PM PDT

Pemandangan Katedral Notre Dame yang tengah menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Sekitar 100 orang melakukan restorasi yang dilakukan oleh tim pemulihan katedral. (ALAIN JOCARD/AFP)

Pemandangan Katedral Notre Dame yang tengah menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Sekitar 100 orang melakukan restorasi yang dilakukan oleh tim pemulihan katedral. (ALAIN JOCARD/AFP)

Katedral Notre Dame sedang menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Para donatur memberikan hingga sekitar 200 juta euro untuk membangun kembali katedral. (Kenzo TRIBOUILLARD/AFP)

Katedral Notre Dame sedang menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Para donatur memberikan hingga sekitar 200 juta euro untuk membangun kembali katedral. (Kenzo TRIBOUILLARD/AFP)

Katedral Notre Dame sedang menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Perawatan juga disediakan untuk benda-benda yang berada di dalam bangunan tersebut. (Kenzo TRIBOUILLARD/AFP)

Katedral Notre Dame sedang menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Perawatan juga disediakan untuk benda-benda yang berada di dalam bangunan tersebut. (Kenzo TRIBOUILLARD/AFP)

Katedral Notre Dame sedang menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Proses ini diharapkan berlangsung hingga musim gugur. (Kenzo TRIBOUILLARD/AFP)

Katedral Notre Dame sedang menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Minggu (14/7/2019). Proses ini diharapkan berlangsung hingga musim gugur. (Kenzo TRIBOUILLARD/AFP)

Wisatawan mengambil gambar Katedral Notre Dame yang sedang menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Sabtu (13/7/2019). Katedral Notre Dame menjalani restorasi setelah mengalami kebakaran hebat pada 15 April 2019. (ALAIN JOCARD/AFP)

Wisatawan mengambil gambar Katedral Notre Dame yang sedang menjalani restorasi setelah rusak parah akibat kebakaran hebat, Paris, Prancis, Sabtu (13/7/2019). Katedral Notre Dame menjalani restorasi setelah mengalami kebakaran hebat pada 15 April 2019. (ALAIN JOCARD/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Tuan Rumah Formula E 2020, Ketua DPRD: Monako Saja Bisa

Posted: 15 Jul 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik menilai, Jakarta sudah siap untuk menjadi tuan rumah perlombaan bertaraf internasional balap mobil Formula E.

Menurutnya, Jakarta bisa mencontoh Monako yang pernah mengadakan perlombaan balap di jalanan kotanya.

"Saya kira Jakarta udah memadai kok. Monako aja bisa di jalanan, masa Jakarta ga bisa. Monako bisa di jalanan (karena) dia enggak punya sirkuit. Jakarta juga bisa. Nanti tim teknis lah yang membahas," ujar Taufik saat dihubungi wartawan, Selasa (16/7/2019).

Taufik mengatakan, dirinya sangat mendukung dijadikannya Jakarta sebagai tuan rumah perlombaan Formula E. Sebab, hal ini dapat membawa dampak ekonomi yang baik bagi Indonesia.

Penonton yang datang pun diperkirakannya bisa mencapai sekitar 30.000 orang. Selain itu, persepsi dunia akan Indonesia otomatis juga akan menjadi baik.

"Persepsi dunia bahwa Jakarta aman, gitu loh. Jakarta aman, Indonesia aman," ucapnya.

Taufik menambahkan, Jakarta juga bisa mengatur pengalihan lalu lintas dengan efektif bila lomba memang akan diadakan di Ibu Kota. Menurutnya, kemacetan bisa dihindari karena lomba pastinya akan diadakan saat hari libur.

Dia mencontohkan, saat karnaval diadakan di Jakarta, kondisi lalu lintas pun tetap teratur.

"Kan ada rekayasa lalu lintas, ada pengalihan. Kayak ulang tahun Jakarta kan ada pengalihan, karnaval ada pengalihan," dia mengakhiri.

Terpilih Sebagai Tuan Rumah

Jakarta terpilih menjadi tuan rumah balap Formula-E 2020. Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai bernegosiasi dengan lembaga pengelola Formula E di New York, Amerika Serikat.

Kadishub DKI Syafrin Liputo mengungkapkan, sudah ada dua usulan lintasan yang akan digunakan untuk Formula E tersebut. Rencana pertama ialah di sekitaran kawasan Gambir dan Monas.

Dia menjelaskan, nantinya Pit Stop akan berada di Monas, di belakang Stasiun Gambir. Dari Monas, lintasan akan memasuki Jalan Ridwan Rais lalu berputar menuju Monumen Tugu Tani.

"Berputar di Tugu Tani, kembali masuk ke Ridwan Rais, kemudian belok kiri di Merdeka Selatan, kemudian berputar di Wisma Antara ya di ujung, berputar. Setelah itu kembali melintas di depan kedubes AS, ke kiri depannya gerbang monas, kemudian masuk lagi ke Ridwan Rais berputar seperti itu," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Senin (15/7).

Sementara lokasi opsi kedua adalah di bagian dalam Monas. Adapun nantinya lintasan akan dimulai dari Silang Monas Tenggara- MI Ridwan Rais-Tugu Tani-MI Ridwan Rais-Merdeka Selatan-Wisma Antara-Berputar ke Kedubes AS-Monas-Ridwan Rais.

Adapun opsi lainnya ialah dari Silang Monas Selatan-belakang Gambir-Ridwan Rais-Merdeka Selatan-bundaran air mancur-Silang Monas Selatan.

Pemprov DKI, menurut Syafrin, sebenarnya mengusulkan 5 rute namun hasil survei penyelenggara meminta opsi dua rute tersebut.

"Tanggal 8 Juli itu pihak panitia sudah datang dan sudah melakukan survei, survei terkait lintasan yang nantinya akan digunakan sebagai ajang formula E," ujarnya.

Terkait kondisi jalan yang masih bergelombang, dia menegaskan, Pemprov DKI akan memperbaikinya.

"Kami masih menunggu karena memang dari penyelenggara memang belum konfirmasi dengan rute yang yang fix akan digunakan apa," tutup Syafrin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Open 2019: Ruselli Hartawan Langsung Tumbang Lawan Pemain Thailand

Posted: 15 Jul 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putri Indonesia Ruselli Hartawan menyerah dari unggulan ketujuh Ratchanok Intanon pada babak pertama Indonesia Open 2019, Selasa (16/7/2019). Bermain di Istora, Senayan, Ruselli takluk dua gim langsung 14-21, 14-21.

Duel di Indonesia Open 2019 merupakan kali pertama bagi Ruselli dan Intanon. Perbedaan peringkat antara kedua pemain membuat Intanon lebih diunggulkan.

Meski demikian, Ruselli sempat menciptakan kejutan di awal gim pertama. Ia memimpin 4-2 atas lawannya asal Thailand tersebut.

Selepas unggul, Ruselli justru tak lagi sanggup mengimbangi permainan Intanon. Malah, perolehan poin pemain dengan ranking 40 dunia ini sempat tertahan di angka 8.

Ruselli hanya bisa menipiskan jarak menjadi 12-14 dari Intanon sebelum akhirnya menyerah kalah. Mau tak mau dia harus menang di gim kedua demi memperpanjang nafas di Indonesia Open 2019.

Gim Kedua

Ruselli Hartawan. (Humas PP PBSI)

Sayangnya, pada gim kedua, situasinya tak jauh berbeda. Ruselli malah semakin jauh tertinggal dari Intanon 4-11.

Di pertengahan gim kedua, Ruselli coba mengejar ketinggalan dan sempat menipiskan jarak menjadi 10-19. Namun kekalahan tak bisa dihindari pemain berusia 21 tahun ini.

Ruselli pun harus angkat kaki dari Indonesia Open 2019 pada babak awal. "Harusnya bisa mengimbangi di gim pertama, tetapi malah cuma dapat poin sekian," kata Ruselli.

Sudah Belajar

Ruselli menambahkan, ia sebetulnya telah mempelajari gaya bermain Intanon lewat rekaman. Ia pun sudah mempraktikkan hal itu di atas lapangan.

Namun, Ruselli mengakui Intanon menunjukkan permainan berbeda dari yang dilihatnya di rekaman. "Pukulannya matang. Teknik bermainnnya juga cukup bagus dan cara-caranya mengontrol bola," kata Ruselli.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengemudi Rubicon Terobos Lokasi Lomba Lari di Kuningan Jadi Tersangka

Posted: 15 Jul 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menetapkan pengemudi mobil Jeep Rubicon berinisial PDK sebagai tersangka. Mobil berpelat B 123 DAA itu menerobos masuk ke lokasi lomba lari 10K di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, 14 Juli 2019.

Dalam kasus ini, tersangka dijerat Pasal 310 ayat 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Pengemudi Rubicon itu terancam hukuman satu tahun penjara.

"Tersangka melanggar Pasal 310 ayat (2) UU 22/2009 dengan ancaman satu tahun penjara atau denda Rp 1 juta," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir kepada Merdeka.com, Selasa (16/7/2019).

Meskipun demikian, Nasir mengatakan, kepolisian tidak menahan PDK. Polisi beralasan, tersangka bersikap kooperatif dalam kasus tersebut.

"Tersangka tidak ditahan karena yang bersangkutan kooperatif datang dengan panggilan pertama," kata Nasir.

PDK telah diperiksa kepolisian pada Senin 15 Juli 2019 mulai pukul 10.30 sampai 23.00 WIB. Melalui gelar perkara, pengemudi Rubicon itu akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Lebih lanjut, Nasir menuturkan, korban bernama Lena Marissa yang sempat ditabrak tak mengalami luka serius. Kondisi itu menjadi salah satu faktor polisi tidak menahan PDK.

"Kita tanya lukanya mana, terus apa lagi. Dia bilang pinggang sakit, lalu kita tanya lagi ada luka terbuka enggak di pinggang, dia jawab tidak. Itu namanya luka (ringan) kalau tidak ada luka terbuka," kata Nasir.

 

Viral di Media Sosial

Sebelumnya, media sosial diramaikan video berdurasi 1.29 detik yang memperlihatkan insiden sebuah mobil Jeep Rubicon berwarna abu-abu hitam berpelat B 123 DAA, menerobos masuk ke dalam acara lomba lari 10K Milo, di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. Hal ini terjadi pada Minggu (14/7) kemarin.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, sebelum menerobos acara itu, sopir yang diketahui berinisial PDK lebih dulu menabrak pengendara motor Yamaha NMAX B 4983 TSA, yang dikendarai Lena Marissa. Kecelakaan itu terjadi di Jalan HR Rasuna Said, depan Wisma Bakti, Jakarta Selatan.

"Jadi awalnya dia mengalami kecelakaan di lokasi yang mana ditabrak dari arah belakang oleh kendaraan Jeep Rubicon yang berjalan searah. Akibatnya, Lena mengalami luka pada pipi kiri lecet, dahi kiri lecet, bibir atas lecet, hidung lecet, kepala belakang memar, pinggang memar," ujar Nasir melalui keterangan tertulis, Senin 15 Juli 2019.

 

Reporter: Ronald 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Tidak Ada di Kalender Balap Formula E 2019-2020

Posted: 15 Jul 2019 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Kota Jakarta tidak ada dalam kalender balap resmi Formula E 2019-2020. Balapan Formula E musim ini akan dimulai pada 22 November 2019 dan berakhir pada Juli 2020.

Klaim Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengenai kotanya menjadi tuan rumah balapan Formula E 2020 sendiri telah dibantah juru bicara Formula E dalam laporan Motorsport.

"Kami sedang dalam tahap diskusi lebih lanjut, namun kami belum dapat membuat pengumuman apa pun," kata juru bicara Formula E, seperti dilansir situs Motorsport.

Sebelumnya, melalui unggahannya di media sosial Instagram pribadinya, Anies Baswedan menyampaikan bawah Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E (FE) pada 2020. Kabar tersebut dia sampaikan usai mengunjungi New York, Amerika Serikat.

Anies saat itu tengah mengunjungi New York, Amerika Serikat untuk membahas kesepakatan dengan lembaga pengelola Formula E. Setelah kunjungan itu, Anies langsung mengumumkan bahwa dia berhasil membuat Jakarta jadi tuan rumah Formula E 2020.

"Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," tulis Anies di Instagram pribadinya, Minggu (14/7/2019).

Namun, belakangan caption unggahan Anies diubah dari "di pertengahan tahun 2020" menjadi di tahun 2020. Formula E sendiri telah merilis kalender resmi musim keenam mereka.

Balapan satu musim sepanjang 2019-2020 dan tidak ada nama Jakarta atau Indonesia dalam kalender resmi itu. Terdapat 14 seri balapan di 12 kota dari empat negara dalam kalender Formula E 2019-2020, yang dimulai pada November 2019 dan berakhir Juli 2020. 

2 Slot Kosong

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdapat dua slot yang masing kosong, yakni pada Desember 2019 dan Maret 2020. Tapi untuk Maret 2020, China telah ditetapkan sebagai tuan rumah, hanya kota dan lintasannya yang belum diumumkan. Untuk Desember 2019, masih berstatus TBC atau kota penyelenggara segera diumumkan. Jadi, Jakarta besar kemungkinan tidak akan menjadi tuan rumah balapan Formula E 2019-2020, bila berpatokan pada pernyataan Anies bahwa ibu kota Indonesia ini menggelar balapan di tahun 2020.

Namun, ada peluang Jakarta masuk dalam kalender balap Formula E 2020-2021. Apalagi bila merujuk pernyataan juru bicara Formula E bahwa Jakarta sesungguhnya masih tahap diskusi untuk menjadi tuan rumah.

Jakarta menjadi tuan rumah Formula E musim 2020-2021 lebih terdengar masuk akal. Sebab, persiapan matang dan rapi harus dilakukan mengingat ini balapan mobil kelas dunia.

Rute Balapan

Pengumuman Anies Baswedan soal Jakarta menjadi tuan rumah Formula E langsung membuat kehebohan. Formula E dikenal sebagai balapan yang berlangsung di jalanan, sehingga muncul pertanyaan jalan Jakarta mana yang akan dipakai bila menjadi tuan rumah Formula E.

Untuk rute balapan di Jakarta, konon menurut versi Kadishub DKI Syafrin Liputo, terdapat dua usulan lintasan balap Formula E ketika Jakarta menjadi tuan rumah.

"Tanggal 8 Juli itu pihak panitia sudah datang dan sudah melakukan survei, survei terkait lintasan yang nantinya akan digunakan sebagai ajang formula E," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Transformasi Via Vallen, Cantik Natural Sejak Dulu

Posted: 15 Jul 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dangdut yang sudah tak asing lagi namanya di industri musik Tanah Air, Via Vallen memang tengah naik daun. Via Vallen salah satu penyanyi dangdut yang sukses bersaing dengan penyanyi-penyanyi lainnya. 

Karier bernyanyi Via Vallen kini terus naik seiring kemunculannya di beberapa acara penting sebagai penyanyi. Kesuksesan yang ia rasakan saat ini bukanlah dengan cara instan. Pemilik nama asli Maulidia Octavia ini meniti karier sejak masih berada di kampung halamannya. 

Via Vallen lahir di Surabaya, 1 Oktober 1991. Ia telah berkecimpung di musik dangdut sejak ia duduk di bangku SMP. Secara resmi Via aktif id industri hiburan sejak tahun 2006 lalu. Ia diarahkan untuk menggeluti dunia bernyanyi dangdut oleh ayahnya yang memang seorang musisi dangdut. 

Walaupun sudah terkenal dan sering manggung di berbagai acara, Via Vallen mengkau tetap memilih untuk tinggal di Surabaya. Ia berangkat ke Jakarta atau ke daerah lain jika ada jadwal manggung, ketika waktu luang ia pulang ke Surabaya tempat orang tuanya. 

Via yang kini mendapat julukan "Ratu Kolo Dangdut" pun tak mendapatkan kesuksesannya secara mudah. Menyanyi sejak kelas 5 SD dengan genre pop dan mulai menggeluti musik dangdut sejak SMP, transformasi Via Vallen pun juga turut berubah. Berikut ini foto transformasi Via Vallen sejak dulu hingga kini dilansir dari akun media sosialnya oleh Liputan6.com, Selasa (16/7/2019). 

Penampilan Via dulu tanpa makeup tebal, sudah cantik.

View this post on Instagram

Gutten appetit #hihiiiii

A post shared by Via Vallen (@viavallen) on

Penampilan Via tahun 2013 yang ikuti tren rambut berponi.

View this post on Instagram

#jaman_pake_poni #jaman_pake_behel #unyu2

A post shared by Via Vallen (@viavallen) on

Salah satu penampilan Via ketika manggung dulu nih. Pada saat itu Via sedang manggung di Sukoharjo.

View this post on Instagram

#me💃🎤 @413sukoharjo #latepost

A post shared by Via Vallen (@viavallen) on

Seiring berjalannya waktu, penampilan Via semakin terlihat fresh dan makin cantik.

View this post on Instagram

Senyumin aja 😊

A post shared by Via Vallen (@viavallen) on

Selain cantik, Via Vallen yang memiliki suara merdu dan berbakat ini tak heran punya banyak penggemar di Tanah Air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marah Soal Resolusi PBB, Filipina Siap Putus Hubungan dengan Islandia

Posted: 15 Jul 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah mempertimbangkan untuk memutus hubungan diplomatik negaranya dengan Islandia.

Mengingat, Islandia adalah pihak yang memprakarsai munculnya resolusi PBB untuk menyelidiki kematian ribuan orang di Filipina dalam perang melawan narkoba, lapor Al Jazeera dikutip Selasa (16/7/2019).

Juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengatakan kepada wartawan pada Senin malam, resolusi PBB itu mencerminkan kekuatan Barat yang merongrong kedaulatan Filipina. Khususnya, dalam melindungi rakyat dari bahaya narkoba, menurut Panelo.

Ia menambahkan, Duterte "serius mempertimbangkan untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Islandia" karena memprakarsai resolusi tersebut, yang ia sebut sebagai "sangat sepihak, sangat sempit, dan jahat".

Polisi Filipina mengatakan, sedikitnya 6.600 orang tewas selama paruh pertama masa kepresidenan Duterte. Semuanya akibat baku tembak dengan polisi.

Angka yang berbeda disebut oleh organisasi HAM yakni mencapai 20.000 orang.

 

Output Penyelidikan

Ilustrasi (iStock)

Dewan Hak Asasi Manusia PBB (UNHRC) telah memutuskan untuk menyelidiki dugaan kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah Filipina pada 12 Juli 2019. Resolusi itu mengamanatkan output berupa laporan tertulis terkait kondisi HAM di Manila secara komprehensif.

Laporan yang dimaksud akan berfokus pada pembunuhan dengan tanpa proses hukum, penangkapan sewenang-wenang, serta penghilangan paksa yang dilakukan oleh aparat pemerintah.

Amnesty International sangat mendukung keputusan UNHRC tersebut.

"Keputusan ini memberikan harapan bagi ribuan keluarga yang berduka di Filipina," kata Amnesty International dalam sebuah pernyataan. "Ini langkah penting menuju keadilan dan akuntabilitas."

Wakil Direktur Geneva untuk Human Rights Watch, Leila Matar, mengatakan hal senada. Ia menyebutnya sebagai langkah "sederhana namun vital".

Ketua hak asasi PBB Michelle Bachelet diperkirakan akan menyampaikan laporannya bulan Juni tahun depan.

Telah Didukung 18 Negara

Ilustrasi pasukan penjaga perdamaian PBB (Marco Dormino/AP)

Resolusi PBB terbaru mendapat dukungan dari setidaknya 18 negara dalam dewan yang beranggotakan 47 negara. 14 negara telah menentangnya, dengan 15 negara lainnya menyatakan abstain.

"Kami telah mengajukan teks yang seimbang dengan permintaan yang sangat sederhana - hanya meminta Komisaris Tinggi untuk menyiapkan laporan untuk diskusi pada Juni tahun depan," kata duta besar untuk Islandia, yang mensponsori resolusi, pada hari Kamis pekan lalu.

Presiden Rodrigo Duterte meluncurkan kampanye anti-narkoba pada 2016 lalu. Hal itu untuk menangani masalah narkotika yang merajalela.

Dua pekan lalu, seorang gadis berusia tiga tahun menjadi salah satu korban termuda penumpasan. Ia ditembak mati dalam serangan narkoba. Polisi mengatakan ia telah digunakan sebagai 'perisai manusia' oleh ayahnya, tetapi keluarga membantah hal ini.

Duterte dan kampanye anti-narkotika menikmati dukungan luas dari warga Filipina. Sebuah jajak pendapat awal tahun ini memberinya peringkat persetujuan 79%.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Bali Bermagnitudo 5,8 Jadi Sorotan Berbagai Media Asing

Posted: 15 Jul 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Pulau Bali diguncang gempa bermagnitudo 5,8 pada Selasa pagi, ketika banyak warga setempat mulai beraktivitas. Lindu yang mengguncang pada pukul 07.18 WITA itu memicu kepanikan, membuat banyak orang berhamburan keluar bangunan.

Laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengatakan, lokasi gempa Bali berada pada titik koordinat 9.11 LS,114.54 BT, yang berjarak sekitar 83 kilometer di barat daya Nusa Dua.

Pusat gempa Bali dilaporkan berada di kedalaman 68 kilometer di bawah permukaan laut, namun tidak memicu ancaman tsunami.

Dari pantauan Liputan6.com pada Selasa (16/7/2019), gempa Bali mendapat sorotan dari banyak outlet media global, tidak lama setelah laporan resmi BMKG disiarkan ke publik.

Situs berita asal Inggris, Express.co.uk mengangkat isu gempa Bali itu dengan judul "Bali earthquake: Tourists panic as holiday hotspot rocked by 'strong' 6.2 magnitude quake", yang menyorot kepanikan turis saat dilanda gema magnitudo 6,2 sebelum direvisi oleh BKMG menjadi 5,8.

Dimuat pula kesaksian salah seorang turis asing --yang mengetwit-- keberadaan dirinya di sebuah hotel tepi pantai, dan sekilas langsung memperhatikan kondisi air laut, berjaga-jaga tentang kemungkinan potensi tsunami.

Sudut pandang pemberitaan serupa juga dimuat oleh situs berita asal Inggris lainnya, Daily Mail, yang menyebut ribuan turis dievakuasi dari berbagai hotel di kawasan pusat wisata Seminyak, segera setelah gempa Bali mengguncang.

Disebutkan pula bahwa banyak kesaksian turis menyebut getaran gempa dirasakan di wilayah Kuta, Seminyak, dan Ubud. Lindu disebut berguncang dalam getaran konstan selama sekitar 10 detik.

 

Kesaksian Turis Asing

Wisatawan asing berjalan di sekitar Pantai Nusa Dua, Bali setelah gempa bumi, Senin (6/8). Aktivitas pantai Nusa Dua Bali masih ramai wisatawan asing setelah adanya gempa 7 pada skala richter yang berpusat di Lombok NTB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Situs berita terbesar di Selandia Baru, Stuff.co.nz, menyiarkan berita tentang kondisi saat dan sesudah terjadinya gempa Bali, yang sebagian besar mengguncang wilayah selatan Pulau Dewata.

Situs itu juga mengutip keterangan singkat oleh salah seorang warga Auckland yang terngah berlibur di Nusa Dua, Bali, mengatakan bahwa gempa membuat banyak orang diperintahkan untuk segera keluar dari hotel dan bangunan lain di sekitarnya.

Berita serupa dengan tambahan kesaksian para turis asing dilaporkan oleh situs berita News.com.au. Outlet media asal Australia itu memuat pengakuan beberapa wisatawan yang mengaku terkejut sekaligus khawatir jika gempa berpotensi memicu tsunami.

"Saya sangat takut karena saya baru pindah ke lokasi baru, di sisi pantai, dan seketika khawatir tentang ancaman tsunami," ujar salah seorang turis di kawasan Kuta.

Dampak kerusakan akibat gempa Bali disorot oleh situs berita 9News asal Australia. Outlet media yang berbasis di Melbourne itu menunjukkan foto dinding dan ubin retak di beberapa bangunan di Bali selatan, seperti sebuah sekolah dasar di Ungasan dan dua pura di Kerobokan.

 

Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam Kondisi Aman

Bandara I Ngurah Rai Bali (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

Sementara itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dilaporkan telah menjalani pemeriksaan menyeluruh pada sejumlah fasilitasnya pasca-gempa barmagnitudo 5,8 yang terjadi pada Selasa pagi.

Direktur Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti memastikan gempa yang terjadi di Bali tidak menggangu jalannya operasional penerbangan di bandara tersebut.

"Berdasarkan laporan awal, semua dalam kondisi normal dan aman, semua fasilitas siap digunakan untuk pelayanan," jelas Polana di Jakarta.

Pengecekan menyeluruh dilakukan mulai dari sisi udara, sisi darat serta fasilitas pelayanan navigasi penerbangan di AirNav Indonesia cabang Denpasar, yang juga dilaporkan tidak mengalami kerusakan akibat gempa.

Dirjen Perhubungan Udara mengimbau, kepada seluruh pemangku kepentingan penerbangan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana yang terjadi.

"Utamakan keselamatan, keamanan dan pelayanan dan terus melakukan koordinasi untuk mengatasi dan mengantisipasi hal – hal yang menggangu jalannya penerbangan," imbau Polana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan RIbu Toyota Rush Kena Recall, Ini Tanggapan Komunitas

Posted: 15 Jul 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - LSUV andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), yaitu all new Toyota Rush harus ditarik dari pemiliknya (recall) untuk diganti ECU airbag-nya. Hal tersebut dilakukan karena ada potensi curtain airbag mengembang secara tak sengaja, akibat pengaturan program yang kurang sesuai.

Penggantian ECU airbag ini diinisiasi secara global oleh Toyota Motor Corp (TMC) terhadap seluruh distributor Toyota di dunia, termasuk Toyota Indonesia. All new Toyota Rush yang terkena adalah produksi Desember 2017-Februari 2019.

Inisiatif ini kontan menjadi perhatian, tentu saja dari komunitas mobil terkait, tepatnya Terios Rush Club Indonesia (TeRuCi).

Salah seorang pengurus pusat TeRuCi yang enggan disebut namanya mengaku terkejut mendengar kabar recall all new Toyota Rush di Indonesia. Apalagi ini terkait fitur keamanan atau safety seperti airbags.

"Bagaimana ceritanya kok bisa recall, sebab all new Rush mobil baru di sini, belum ada dua tahun pula. Yang kena ftur safety lagi. Semoga fitur safety lainnya tidak kena," ungkapnya pada Merdeka.com, Senin (15/7) malam.

Sepengetahuan dirinya, hingga kini pihak PT Toyota-Astra Motor belum ada komunikasi atau menginformasikan perihal penggantian ECU airbag ini pada komunitas TeRuCi.

"Belum ada info resmi kepada TeRuCi," ujarnya.

 

Tidak Dipungut Biaya

Namun demikian, dia mengimbau kepada anggota TeRuCi yang mobilnya masuk dalam recall ini segera pergi ke bengkel Toyota terdekat. Apalagi tidak dipungut biaya alias gratis.

"Kami imbau anggota TeRuci yang mungkin terkena segera ke bengkel. Saran saja kepada Toyota, berikan insentif kepada pemilik Rush yang harus ke bengkel akibat terkena recall ini.Mudah-mudahan masalah airbag ini tidak merembet ke fitur safety lainnya," pungkas dia.

TeRuCI merupakan komunitas pencinta otomotif pengguna kendaraan Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang terbentuk pada 8 September 2007 di Jakarta. Sampai saat ini telah memiliki 2.900 Premium Member di seluruh Indonesia.

Toyota Indonesia sendiri sudah meminta kepada pemilik all new Rush untuk segera ke bengkel resmi Toyota terdekat di seluruh Indonesia. Penggantian ECU airbag ini tanpa biaya/gratis.Pengerjaan pengecekan dan penggantian ECU airbag Rush ini hanya berdurasi sekitar 30 menit. 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kabut Menyelimuti Lembang

Posted: 15 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabut tebal pagi dan sore hari menyelimuti wilayah Kabupaten Bandung Barat. Akibat kabut jarak pandang terbatas dan suhu menjadi lebih dingin dari biasanya. Pengendara diminta hati-hati dan menyalakan lampu dim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Stylish Istri Bimbim Slank yang Awet Muda

Posted: 15 Jul 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bahtera rumah tangga Bimbim Slank dan Reny Setiawati telah terjalin selama hampir dua dekade. Pernikahan mereka dikaruniai tiga buah hati yakni Mezzaluna D Azzurri, Tallulah Alami, dan Maomettano Luke Almachzumi.

Selain hangatnya potret bersama keluarga, sosok istri Bimbim Slank tak kalah mencuri atensi khalayak luas. Reny kerap tampil kece dan stylish dalam balutan paduan outfit yang apik.

Hal tersebut tampak dari deretan potret yang dibagikan Reny Setiawati dalam akun Instagram pribadi. Satu di antaranya ketika ia mengenakan crop top hitam dipadu blazer warna senada dan celana high waist.

Penampilan santai tersebut juga dilengkapi dengan sandal platform putih yang memamerkan kuku kakinya yang dikuteks warna merah. Reny memilih sling bag biru dan membiarkan rambut panjangnya tergerai indah.

Kala itu, Reny dan Bimbim Slank tengah asyik jalan-jalan di Rainbow Garden, Lembang Bandung. Sedangkan, sang drummer Slank tampak mengenakan kaus putih, celana jins, sneakers, dan topi hitam.

"Seneng itu kalo beli celana bisa pas bgt dipinggang," tulis Reny Setiawati singkat dalam kolom keterangan potret yang diunggah pada 9 Juli 2019 lalu itu.

Gaya Kasual Naik MRT

Bimbim Slank bersama sang istri, Reny Setiawati dan buah hati mereka. (dok. Instagram @realmemi/https://www.instagram.com/p/BwZUGaDgKlH/Putu Elmira)

Meski telah memiliki tiga buah hati, gaya Reny Setiawati tampak awet muda. Ia selalu tampil kece dalam berbagai kesempatan, tidak terkecuali ketika jalan-jalan naik MRT bersama Bimbim Slank dan anak-anak mereka.

Pada momen itu, Reny tampil kasual dalam balutan sleeveless turtleneck hitam dan celana warna mustard dengan aksen garis hitam putih di bagian pinggir celana, serta memakai sepatu slip on warna hitam dengan sentuhan kotak-kotak hitam putih.

Seperti biasa, rambut panjangnya dibiarkan tergerai. Tak tampak polesan makeup yang berlebihan dan cenderung natural. Tak ketinggalan, tak coklat kecil melengkapi penampilannya.

"jalan jalan naik MRT Blok M-Lebak bulus-Bunderan HI," tulisnya dalam kolom keterangan.

Paduan Monokrom dan Kuning

Bimbim Slank, sang istri Reny Setiawati dan buah hati ketiga mereka. (dok. Instagram @realmemi/https://www.instagram.com/p/Bsw1aq8AHpE/Putu Elmira)

Saat menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, Reny Setiawati memilih paduan outfit yang kece, seperti saat ia tampil dalam balutan atasan lengan panjang warna putih yang dipadu jaket kuning dari Stussy.

Gaya itu dilengkapi dengan pemakaian training pants warna hitam dari Adidas dan sepatu boots abu-abu dan tote bag warna putih. Kali ini sambil memegang tangan buah hati, ia memilih untuk mengikat rambutnya.

Penampilan Reny sukses menjadi perhatian dan tak sedikit yang berkomentar. "jaketnya memy pengen aku my," tulis akun hariri_pbg. "Keren jaket nya mbak," tulis akun ucokaksan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keutamaan dan Niat Puasa Ayyamul Bidh

Posted: 15 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puasa ayyamul bidh atau biasa disebut puasa putih adalah puasa yang dikerjakan pada pertengahan bulan, yaitu pada hari ke 13, 14, dan 15 hijriah tiap bulannya.

Dinamakan puasa putih dikarenakan umat muslim disunahkan untuk berpuasa minimal tiga hari tiap bulannya. Dan pada tiga hari itulah bulan bersinar terang, sehingga malam tampak putih bercahaya.

"Pendapat lain menyatakan, hari itu dinamai ayyamul bidh karena malam-malam tersebut terang benderang oleh rembulan dan rembulan selalu menampakkan wajahnya mulai matahari tenggelam sampai terbit kembali di bumi. Karenanya malam dan siang pada saat itu menjadi putih (terang)." dikutip dari HR Badruddin Al Aini Al Hanafi.

Menjalankan ibadah puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan tersendiri. Keutamaannya adalah apabila dilaksanakan selama tiga hari, maka akan mendapatkan ganjaran pahala yang sama dengan puasa selama sebulan.

Jika dilakukan setiap bulan, maka dianggap sama dengan menjalankan ibadah puasa selama setahun.

"Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang Kaulakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh." dikuti dari HR Bukhari Muslim.

Puasa ayyamul bidh pada Juli 2019 itu bertepatan dengan pertengahan bulan Dzulqaidah 1440 H pada penanggalan hijriah.

Pada penanggalan masehi, puasa ayyamul bidh pada Juli 2019 ini, puasa ayyamul bidh jatuh pada 16, 17, dan 18 Juli 2019.

 

Niat Puasa

Supaya nggak ketinggalan, ini jadwal sholat, Imsakiyah, dan buka puasa hari ke-8, 24 Mei 2018. (Ilustrasi Puasa: Parade)

Adapun lafal niat puasa ayyamul bidh adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى.

Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat berpuasa besok pada (ayyamul bidh) hari-hari putih sunah karena Allah Ta'ala.

Tidak seperti puasa sunah yang lainnya atau puasa di bulan Ramadan yang mengharuskan membaca niat sebelum fajar, puasa ayyamul bidh boleh diniatkan setelah fajar dan niatnya menjadi seperti berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ayyami bidh sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya berniat puasa pada hari-hari putih , sunnah karena Allah ta'ala.

 

Reporter: Nabila Bilqis

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dampak Buruk Menggunakan Putih Telur untuk Masker Wajah

Posted: 15 Jul 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Telur merupakan salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh, maka tak heran banyak orang yang mengonsumsi telur dalam berbagai macam bentuk olahan.

Tak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata telur juga memiliki manfaat untuk kecantikan terutama kulit wajah. Namun untuk dijadikan sebagai perawatan kecantikan, hanya bagian putih telur saja yang digunakan. Putih telur biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat masker.

Ada berbagai masalah yang bisa teratasi dengan menggunakan masker putih telur ini seperti jerawat, kulit kusam, hingga kulit kering. Di balik segudang manfaatnya untuk kecantikan, ternyata masker ini bisa menimbulkan bahaya terhadap kulit.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (16/5/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa dampak buruk penggunaan masker putih telur.

Sekilas tentang Masker Putih Telur

Masker Putih Telur

Seperti namanya, masker putih telur terbuat dari bagian putih telur yang mentah, dimana kuningnya telah dipisahkan terlebih dahulu. Putih telur dipilih untuk dijadikan masker karena mengandung kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kulit agar tidak kendur, serta memiliki kandungan protein yang baik untuk menjaga elastisitas kulit wajah.

Beberapa orang kerap membuat olahan masker dari putih telur ini sendiri di rumah. Berbekal ilmu yang didapatkan dari berbagai sumber, tak jarang beberapa orang kerap mencampurkan bahan-bahan tertentu dalam racikan masker putih telur ini. Padahal, bila salah dalam membuat olahan masker putih telur ini dapat berpotensi buruk pada kulit.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan bakteri salmonella yang terdapat pada putih telur. Bakteri ini bisa menyebabkan keracunanan makanan sehingga bisa menyebabkan infeksi pada kulit juga. Selain itu, menambahkan bahan-bahan tertentu seperti perasan jeruk nipis juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi.

Oleh karena itu, penggunaan masker putih telur setiap hari tidak dianjurkan. Ada baiknya juga mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika kamu ingin menggunakan masker putih telur. Hal ini untuk mengetahui cocok atau tidaknya kulit wajah kamu dengan penggunaan masker tersebut.

Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dan konsultasi ke dokter kulit untuk mengetahui cocok atau tidaknya kamu menggunakan masker putih telur ini agar terhindar dari dampak buruknya. Berikut ada beberapa dampak buruk atau bahaya dari menggunakan masker putih telur.

Reaksi Alergi

Putih Telur / Sumber: iStockphoto

Bila kamu memiliki alergi saat mengonsumsi telur, maka kamu tak dianjurkan untuk menggunakan produk olahan telur lainnya seperti masker putih telur ini. Mengoleskan putih telur ke bagian kulit wajah bisa mengakibatkan kamu menjadi gatal-gatal yang parah, timbul ruan, biduran, atau kesulitan bernapas.

Untuk memastikan kamu cocok menggunakan masker putih telur ini, kamu bisa mengoleskan sedikit terlebih dahulu ke bagian belakang tangan, di bawah dagu, atau di belakang telinga. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Setelah itu kamu bisa memeriksa pada area tersebut untuk memastikan tidak adanya kemerahan, gatal, atau tanda alergi lainnya.

Infeksi Salmonella

Putih Telur / Sumber: iStockphoto

Telur menyimpan bakteri salmonella di dalamnya yang dapat menyebabkan keracunan. Oleh karena itu, mengonsumsi telur dianjurkan untuk memasaknya dalam waktu lama dengan suhu yang tinggi untuk menghilangkan salmonella. Nah, apabila kamu tidak hati-hati dalam menggunakannya sebagai perawatan kulit wajah, dikhawatirkan telur mentah tersebut tidak sengaja tertelan.

Bila hal ini terjadi, maka aka nada gejala yang dialami seperti demam yang diiringi keluhan saluran cerna seperti perut kembung, muntah, dan diare.

Infeksi pada Wajah yang Sensitif

Ilustrasi putih telur/copyright shutterstock

Bagi kamu yang memiliki wajah cenderung sensitif, terkadang tidak terasa tiba-tiba mendapati kulit wajah ada goresan luka. Nah, apabila goresan luka ini terkena dengan sesuatu bahan mentah seperti masker putih telur, bisa menyebabkan infeksi sekunder. Hal ini dikhawatirkan bakteri yang ada pada putih telur bisa masuk ke dalam luka tersebut.

Jadi, buat kamu yang memiliki kondisi wajah sensitif ada baiknya untuk lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan masker putih telur ini. Apalagi bagi kamu yang berjerawat, dimana jerawat rentan pecah.

Mengontaminasi dan Membahayakan Orang Lain

Ilustrasi putih telur (Sumber: Unsplash)

Penggunaan masker putih telur mentah bisa mengontaminasi permukaan seperti wastafel atau meja dapur. Begitu juga area lainnya jika masker putih telur yang kamu oleskan di wajah menetes atau menyebar kemana-mana di sekitar rumah.

Hal ini bisa membahayakan bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Terlebih pada orang-orang yang memiliki alergi terhadap telur apabila terkena dari cairan putih telur tersebut walaupun tidak mengoleskannya.

Apabila kamu tetap memasukkan masker putih telur ke dalam serangkaian perawatan wajahmu, maka kamu perlu berhati-hati untuk menggunakannya. Pastikan untuk membuatnya dengan menggunakan sarung tangan, membuatnya hanya di satu area saja sehingga kamu tidak menyebarkan ke seluruh area rumah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan telur organik, telur ayam kampung atau telur yang sudah terbebas bakteri untuk menggunakannya sebagai masker wajah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Selebrasi Kebahagiaan Perwira TNI-Polri Usai Dilantik

Posted: 15 Jul 2019 10:00 PM PDT

Sejumlah perwira TNI dan Polri menyanyikan yel-yel tradisi pelantikan setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI dan Polri menyanyikan yel-yel tradisi pelantikan setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI dan Polri menyanyikan yel-yel tradisi pelantikan setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI dan Polri menyanyikan yel-yel tradisi pelantikan setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira Polri melakukan sujud syukur seusai mengikuti Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/7/2019). Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira Polri melakukan sujud syukur seusai mengikuti Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/7/2019). Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI dan Polri menyanyikan yel-yel tradisi pelantikan setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI dan Polri menyanyikan yel-yel tradisi pelantikan setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira remaja Polri meluapkan kegembiraan dengan membawa bunga usai mengikuti Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Presiden Joko Widodo melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira remaja Polri meluapkan kegembiraan dengan membawa bunga usai mengikuti Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Presiden Joko Widodo melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI dan Polri menyanyikan yel-yel tradisi pelantikan setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI dan Polri menyanyikan yel-yel tradisi pelantikan setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI AL melemparkan topi ke udara setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah perwira TNI AL melemparkan topi ke udara setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri angkatan 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/7/2019). Jokowi melantik 781 perwira TNI dan Polri di Halaman Istana (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaum Muda Punya Peran Besar dalam Kampanye Melawan Tuberkulosis

Posted: 15 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tuberkulosis (TB) masih menjadi ancaman di seluruh dunia. Saat ini, kaum muda menjadi kelompok usia yang paling terbebani akan penyakit tersebut.

"Kerugian sampai berakibat pada kematian, tidak hanya berisiko terjadi pada mereka sendiri namun juga bagi keluarga mereka," kata Dr. Tereza Kasaeva, Director Global TB Programme, World Health Organization (WHO) dalam konferensi persnya di Jakarta Selatan, ditulis Selasa (16/7/2019).

Setiap tahunnya lebih dari 10 juta orang di dunia menderita tuberkulosis, kata Tereza, lebih dari 1,6 juta orang di antaranya meninggal akibat penyakit tersebut. Mirisnya, sepertiga orang dengan tuberkulosis kesulitan mengakses layanan kesehatan.

Maka dari itu, kaum muda punya peran untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit pencegahan ini, pengobatan pada pasien, serta menghilangkan stigma bagi penderitanya.

"Kita membutuhkan seluruh upaya untuk mengakhiri TB, untuk memastikan tidak ada kaum muda yang tertinggal khususnya dalam memperoleh akses pada layanan kesehatan dan melibatkan mereka dalam proses pembuatan keputusan di seluruh lapisan secara bermakna," kata Tereza dalam acara Youth Town Hall.

Pemanfaatan Teknologi untuk Kampanye TB

Dr. Tereza Kasaeva Director Global TB Programme, World Health Organization (WHO) mengatakan kaum muda berperan dalam kampanye melawan tuberkulosis (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Madhusudan Kaphle, penyintas TB Youth TB Advocate TB Free World juga senada dengan Tereza. Kaum muda yang lebih akrab dengan perkembangan teknologi, sesungguhnya juga bisa melakukan kampanye terkait isu-isu TB lewat media yang ada.

Beberapa dari masalah tersebut adalah bagaimana menghilangkan sikap diskriminatif dan stigma pada pasien, membangun kesadaran yang lebih tinggi tentang TB dan dampaknya, pemberdayaan pasien agar tetap produktif, serta advokasi dan dukungan finansial.

"Jadi kenapa kita tidak memakai platform digital semacam ini untuk menyebarkan pesan pada komunitas, juga untuk memberikan pesan bagi sistem kesehatan. Jadi kaum muda bisa melakukan ini, inilah ide dasar kami," kata Kaphle pada kesempatan yang sama.

Menurutnya, ini harus dilakukan tidak hanya untuk tuberkulosis tetapi juga semua isu kesehatan.

Harapan untuk Kaum Muda

Ilustrasi TB - TBC (iStockphoto)

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Wiendra Waworuntu mengatakan anak muda punya peran dalam program eliminasi tuberkulosis tahun 2030.

"Kita punya harapan pemuda mampu memberikan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pencegahan, penularan, dan dia menjadi garda terdepan apabila ada stigma," kata Wiendra.

Kaum muda sendiri diharapkan juga bisa menjadi pendamping atau pengawas pasien itu sendiri. Wiendra mengungkapkan, angka penderita TB tertinggi adalah di usia produktif.

"Saat ini, Indonesia memang peringkatnya sudah turun dari nomor dua menjadi nomor tiga, tapi bukan berarti ini membuat kita bangga. Ini adalah tantangan."

"Saya punya harapan untuk menemukan penderita tuberkulosis sebanyak-banyaknya, kita obati sampai sembuh," imbuh Wiendra.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Aktor Perankan Tokoh Ternama Dunia, Mana yang Paling Mirip?

Posted: 15 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seorang aktor maupun aktris berperan sebagai tokoh utama di sebuah film biopik tentunya merupakan tantangan tersendiri. Hal ini mengingat mereka harus membawa karakter tokoh asli ke dalam film tersebut.

Selain kemampuan akting, nampaknya tampilan fisik pun akan dibuat semirip mungkin. Terlebih lagi jika film biopik tersebut tentang tokoh yang cukup mendunia dan diketahui oleh banyak orang.

Meski nantinya akan ada makeup artist yang merubah penampilan si aktor/aktris namun kebanyakan dari mereka juga akan dipilih lantaran memiliki kemiripan.

Nyatanya ada banyak film biopik yang telah diproduksi dan sukses mencuri perhatian para penonton dari berbagai belahan dunia. Contohnya saja seperti deretan film berikut dengan pemeran utama yang sangat mirip dengan tokoh aslinya. Dikutip dari Brightside, berikut rangkumannya.

Rami Malek sebagai Freddie Mercury, Bohemian Rhapsody

foto: Brightside

Eddie Redmayne sebagai Stephen Hawking, The Theory of Everything

foto: Brightside

Daniel Day-Lewis sebagai Abraham Lincoln, Lincoln

foto: Brightside

James Franco sebagai James Dean, James Dean

foto: Brightside

Gwilym Lee sebagai Brian May, Bohemian Rhapsody

foto: Brightside

Julianne Moore sebagai Sarah Palin, Game Change

foto: Brightside

Adrien Brody sebagai Salvador Dalí, Midnight in Paris

foto: Brightside

Robert Downey Jr. sebagai Charlie Chaplin, Chaplin

foto: Brightside

Ben Kingsley sebagai Mohandas Gandhi, Gandhi

foto: Brightside

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Pramusim MU: Tantang Leeds United di Laga Kedua

Posted: 15 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - MU mengawali tur pramusimnya dengan hasil memuaskan. Melawan Perth Glory, Sabtu (13/7/2019), Paul Pogba dan kawan-kawan menang 2-0.

Meski demikian tantangan selanjutnya akan cukup sulit bagi MU. Pasalnya, mereka akan menantang klub dari Inggris lainnya Leeds United.

Duel ini akan digelar lagi di Opus Stadium, markas Perth Glory, Rabu (17/7/2019). Sekaligus menjadi penutup tur MU ke Australia.

Usai bertemu Leeds, MU akan meninggalkan Australia dan berkunjung ke Singapura guna mengikuti turnamen pramusim International Champions Cup 2019.

Di Singapura, MU akan berhadapan dengan wakil Italia Inter Milan 20 Juli nanti. Tur Asia-Pasifik MU akan ditutup 25 Juli 2019 dengan menghadapi Tottenham Hotspur. Duel MU melawan Tottenham akan berlangsung di China.

 

 

Jadwal MU

Ekspresi trio Manchester United (MU) Jesse Lingard, Paul Pogba, dan Angel Gomes saat dikalahkan Cardiff City 0-2 pada laga penutup Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (12/5/2019). (AFP/Oli Scarff)

Rabu 17 Juli 2019

Manchester United vs Leeds United

Sabtu 20 Juli 2019

Manchester United vs Inter Milan

Kamis 25 Juli 2019

Tottenham Hotspur vs Manchester United

Jadwal Selanjutnya

Rabu 31 Juli 2019

Kristiansund vs Manchester United

Sabtu, 3 Agustus 2019

MU v AC Milan

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Desain dan Spesifikasi Mi A3 Muncul di Internet

Posted: 15 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Informasi seputar Xiaomi Mi A3 kembali muncul di internet. Kali ini, bocoran informasi yang muncul adalah render desain smartphone tersebut dan spesifikasi yang diusung.

Adapun render smartphone ini terungkap beberapa waktu lalu dari laporan Winfuture.de beberapa waktu lalu. Dikutip dari Phone Arena, Selasa (16/7/2019), smartphone ini mengusung desain notch waterdrop yang berfungsi untuk meletakkan kamera depan.

Sementara di bagian belakang Mi A3 ada tiga lensa yang disusun secara vertikal dengan lensa utama kemungkinan memiliki resolusi 48MP. Sementara dua lensa lain memiliki resolusi 8MP dan 2MP.

Xiaomi disebut menggunakan bodi berbahan kaca menggantikan aluminium yang sebelumnya dipakai di versi sebelumnya. Adapun di bagian belakang ada logo Xiaomi disertai Android One di sisi pojok kanan bawah.

Tampilan render Xiaomi Mi A3 (sumber: Winfuture.de)

Absennya pemindai sidik jari disebut karena Xiaomi menggunakan pemaindai sidik jari di layar. Xiaomi Mi A3 menjalankan Android 9 Pie saat meluncur nanti dan akan diperbarui ke Android 10 Q di akhir tahun ini.

Adapun untuk spesifikasi, Xiaomi disebut akan menyematkan Snapdragon 665 yang menjanjikan performa lebih baik dari pendahulunya.

Chipset itu besar kemungkinan akan dipadu dengan RAM 4GB atau 6GB yang dipadukan memori internal 64GB atau 128GB.

Xiaomi Kembangkan Smartphone Android One Berkamera 48MP, Mi A3?

Logo Xiaomi (Foto: Agustin Setyo Wardani / Liputan6.com)

Masih ingat dengan Mi A2, smartphone berbasis Android One milik Xiaomi?

Hadirkan OS Android stock, hardware kelas atas, dan harga terjangkau, wajar bilamana banyak penggemar setia Xiaomi (atau dikenal dengan Mi fans) menunggu lini penerus Mi A2.

Beruntung, harapan dan doa banyak Mi fans di berbagai negara mungkin bakal segera terjawab. Baru-baru ini, sebuah laporan tentang perangkat Android One milik Xiaomi muncul di internet.

Dikutip dari laman Android Authority, Minggu (7/7/2019), Xiaomi mendaftarkan sebuah smartphone dengan nomor model M1906F9SH di FCC (Federal Communications Commission).

Berdasarkan foto yang bisa kamu lihat di bawah, terungkap panel belakang bertuliskan label "48MP AI camera" dan tulisan Android One.

Bakal Pakai Sensor Sidik Jari di Bawah Layar?

Xiaomi akhirnya merilis CC9 di Tiongkok (kredit: GSM Arena)

Perlu dicatat, Xiaomi sepertinya tidak akan menyertakan pemindai sidik jari di bodi belakang smartphone.

Ini berarti, sensor sidik jari tersebut bakal muncul di depan atau du bawah layar perangkat.

Sebelumnya, XDA-Developers melaporkan Xiaomi sedang mengerjakan dua ponsel Android One dengan sensor sidik jari di dalam layar.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib 2 ABG yang Tabrak Mobil Patwal dan Wartawan

Posted: 15 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Satuan Lalu lintas Polresta Sidoarjo akan memproses hukum dua remaja yang menabrak mobil Patwal dan wartawan yang digrebek saat razia kuda liar pada Sabtu, 15 Juli 2019.

Dalam razia kuda liar polisi mengamankan ratusan motor R2 yang tidak dilengkapi surat surat kendaraan. Dua remaja tersebut di antaranya, HM (20) asal Desa Ploso, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo dan AFR (18) asal Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Surabaya. 

"Untuk yang dua remaja yang nanmbatak kemarin akan kita proses hukum. Sedangkan motor yang belum dilengkapi, kami minta untuk dilengkapi baru bisa diambil sama pemiliknya. Begitupun dengan knalpot yang tidak standar harus diganti," ujar Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar, Senin (15/7/2019). 

HM, merupakan pengendara motor Kawasaki Ninja bernopol W 4525 WI. Saat itu ia bersama rekannya yakni BA (24) yang diduga pemilik kendaraan. Ia turut terjaring razia kuda liar. Namun, saat akan diberhentikan, remaja tersebut menabrak sebuah mobil patwal yang terparkir di simpang jalan. 

Sedangkan, AFR mengendarai motor CB  warna biru tak bernopol. Ia diberhentikan petugas saat razia berlangsung. Namun, remaja tersebut justru menabrak salah satu wartawan saat tengah berdiri di kerumunan petugas. 

Razia Kuda Liar

Satuan Lalu lintas Polresta Sidoarjo akan memproses hukum dua remaja yang menabrak mobil Patwal dan wartawan yang digrebek saat razia kuda liar (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Satuan Lalu Lintas Polresta Sidoarjo menggelar razia kuda liar yang kerap meresahkan warga Sidoarjo di Jalan Jenggolo Sidoarjo, Minggu dinihari pada 14 Juli 2019. Dari hasil Razia, petugas mengamankan 142 motor, 150 STNK dan 23 SIM pemilik kendaraan. 

Ratusan remaja yang terjaring razia akhirnya diminta untuk mendorong motornya ke kantor Mapolres Sidoarjo. Mereka akhirnya dilakukan pendataan dan motor yang tidak dilengkapi surat-surat disita petugas.

Ratusan remaja ini sempat kocar kacir saat mengetahui keberadaan petugas. Mereka yang hendak melakukan aksi balap liar dikawasan tersebut terpaksa diamankan petugas lantaran sudah meresahkan banyak pihak.

Tak sedikit dari mereka yang terjatuh di aspal ketika hendak kabur dari petugas. Alhasil, merekapun hanya bisa pasrah ketika digelandang petugas. 

"Amankan semua, tanpa terkecuali. Bawa ke Mapolres," ujar Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar saat itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salmafina Kabur dari Rumah, Sunan Kalijaga Curiga Anaknya Dipengaruhi

Posted: 15 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salmafina diterpa dengan isu pindah keyakinan. Kabar ini berembus saat tersebar foto yang memperlihatkan Salmafina mengenakan kalung salib di sebuah tempat.

Di tengah gencarnya pemberitaan pindah agama ini, Salmafina melarikan diri dari rumah selama lebih dari satu pekan. Keadaan ini sempat membuat ayahnya, Sunan Kalijaga dan istri panik.

Sebagai orangtua, Sunan Kalijaga merasa bahwa ada orang yang memberi pengaruh buruk kepada Salmafina.

"Padahal Salma, saya dan ibunya tidak ada masalah. Jadi saya menduga ada pengaruh atau komunitas yang berpengaruh kurang baik pada Salma" papar Sunan Kalijaga di kantor Dirjen Imigrasi, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

 

Perubahan Drastis

Salmafina Sunan (Liputan6.com/IG/salmafinasunan)

"Jadi, bersama ini juga saya ingin sampaikan kepada siapa pun di luar sana, teman atau lingkungan dari kalangan mana pun yang saya duga memberikan pengaruh atau doktrin kurang baik terhadap anak saya, saya sebagai orangtua enggak akan diam," sambungnya.

Sunan Kalijaga memang merasakan ada perubahan drastis dari diri Salmafina. Hanya saja, ia enggan menceritakan detail tentang perubahan putrinya itu. "Saya kemarin merasakan sampai enggak kenal anak saya. Perubahannya drastis dan dalam waktu yang singkat. Ini yang menjadi pertanyaan saya ada apa," ucapnya.

 

Wajah Anak Pasaran

Salmafina Sunan (Foto: Instagram/@salmafinasunan)

Sementara itu, hingga saat ini Sunan Kalijaga masih mempercayai bahwa putrinya tidak pindah agama. Ia juga tak yakin dengan pemberitaan yang mengatakan bahwa anaknya pergi ke gereja.

"Mirip-mirip aja kali. Buktinya Salma apa? Mirip kali kan anak saya pasaran mukanya," ungkap Sunan Kalijaga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Begal di Kendari Salah Bikin Tato Bahasa Ceko

Posted: 15 Jul 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Aksi pelaku begal dengan badan penuh tato sudah meresahkan warga Kota Kendari dan sekitarnya. Anggota TNI Kodim 1417 Kendari dan kepolisian turun tangan mengejar para pelaku.

Polisi dan anggota TNI Kodim 1417 Kendari berhasil menangkap tujuh pemuda pelaku begal yang meresahkan warga Kota Kendari dan sekitarnya. Satu orang pelaku bernama Fauzan (16) pernah masuk bui lantaran pernah terlibat kasus pembakaran sepeda motor.

Sementara enam orang lainnya masih bersih menurut catatan kepolisian, hanya tubuhnya saja yang penuh tato. Keenam pelaku itu antara lain Andi Wirya (22), Hesti (14), Ali Sulaiman (18), Edo (20), Wawan Ali Asis (20), dan Asri (24).

Dua orang yang memiliki tato unik yakni, Andi Wirya (22) dan Asri (24). Tato itu digambar memanjang di dada Andi Wirya. Tatonya berawalan huruf kapital dan tertulis, 'Darmawati Suaib'.

Ada pula tato yang ditulis 'My life is my choice'. Tato ini dirajah dengan huruf berbeda. Total ada lima tato milik Andi Wirya, namun diakui hanya dua yang memiliki makna khusus.

"Kelima tato yang di badanku, buat sudah dua tahun lebih. Ini ada artinya," ujar Andi Wirya, sambil menunjuk tato di dada dan lengannya.

Tato 'Darmawati Suaib' milik Andi Wirya diakuinya memiliki makna unik. Diungkapkannya, Darmawati Suaib adalah nama ibu kandungnya.

"Karena ibu saya melahirkan saya, makanya saya tulis namanya di dadaku,"ujar Andi Wirya.

Dia mengungkapkan, ayahnya sudah meninggal dunia. Ibunya, kawin lagi sambil merawat dia dan dua orang saudaranya.

"Di situ saya lihat ibu saya kesulitan dan berusaha biayai hidup kami tiga orang. Saya langsung ukir namanya di dadaku," ujar anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Tato kedua bertuliskan 'my life is my choice' menggambarkan pilihan hidup Andi Wirya. Dia mengaku, memilih hidup mandiri daripada menyusahkan orangtuanya.

Tertipu Makna Tato

Tato 'Silepalaska', milik Asri (24) yang menurutnya berasal dari bahasa Ceko.(Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Tato unik lainnya, milik Asri (24), pemuda asal Makassar yang ditangkap saat tertidur dalam keadaan mabuk bersama Andi Wirya cs. Dia diketahui berprofesi sebagai tukang cuci mobil.

Di dadanya, ada sebuah tato berbentuk tulisan 'Silepalaska'. Tulisan ini, semuanya ditulis dengan huruf kapital.

"Artinya, cinta mati. Ini bahasa Ceko. Teman saya yang buat," ujar Asri.

Asri mengaku, tato yang memanjang di dadanya sudah dibuat sejak sekitar lima tahun lalu, saat dirinya masih tinggal di Makassar.

"Tato ini, tato bahasa asing. Untuk seseorang yang saya suka tapi sudah putus," ujarnya.

Setelah dicek, makna 'Silepalaska' seperti yang digambar di dada Asri tidak bermakna 'cinta mati'.

Tidak ditemukan kata dalam bahasa Ceko 'Silepalaska'. Yang ditemukan justru 'Sile Palaska' yang berarti 'Cinta Buta' dalam bahasa Ceko, dieja menjadi dua kalimat terpisah dan ditambah tanda baca khas Ceko.

Begal Meresahkan Warga

Tujuh orang pelaku yang kedapatan tidur dalam kondisi di samping mesjid mabuk di Kendari.(Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Tertangkapnya Andi Wirya dan Asri bersama lima orang rekannya, karena keresahan masyarakat di Kota Kendari terhadap pelaku begal. Meskipun bukan begal, namun ketujuhnya tetap diamankan saat ditemukan tertidur di samping masjid dalam keadaan mabuk.

Polres Kendari bersama TNI, kemudian memburu sejumlah pelaku yang diduga begal. Hasilnya, belasan pemuda berhasil diamankan.

"Apa yang dilakukan anggota TNI, hanya membantu keresahan warga. Saat ini, begal menyebabkan warga takut berlama-lama di jalan raya pada malam hari," ujar Komandan Kodim Kendari, Letkol Cpn Fajar Luvti Haris Wijaya, Senin (15/7/2019).

Malah, Dandim sempat menyatakan, bakal menindak tegas para pelaku bila kedapatan melakukan begal. Bahkan, sanksi tembak ditempat akan langsung dijalankan.

Khusus Polres Kendari, sudah mengamankan belasan pelaku yang diduga begal. Dari tangan mereka, sejumlah barang bukti milik para korban juga didapatkan.

Kapolres AKBP Jemi Junaidi menyatakan, saat ini pelaku begal di Kota Kendari tak segan-segan melukai para korbannya. Selain mengambil barang berharga, pelaku juga merampas motor.

"Meresahkan warga, namun anggota kami tegrus mengejar mereka," pungkas Kapolres.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lantik 781 Perwira TNI-Polri, Jokowi: Jangan Kecewakan NKRI

Posted: 15 Jul 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara saat melantik 781 perwira TNI-Polri. Jokowi meyakini bahwa para perwira yang baru saja dilantik ini telah melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut para perwira TNI-Polri juga telah melalui pelatihan mental dan fisik hingga akhirnya dapat dilantik. Untuk itu, dia berharap para perwira terus mengingat usaha tersebut, sehingga tak mengecewakan bangsa Indonesia saat bertugas nanti.

"Jangan pernah kecewakan orangtua saudara-saudara. Jangan pernah kecewakan bangsa Indonesia. Jangan pernah kecewakan Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI)," ujar Jokowi saat menyampaikan amanat dalam acara Prasetya Perwira TNI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dia meminta agar pada perwira remaja untuk menjaga toleransi dan persatuan dalam keberagaman Indonesia. Menurut dia, tanggung jawab para perwira TNI-Polri sangat besar yaitu, melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi-ideologi luar.

"Saudara harus memegang teguh kode etik perwira dan jati diri sebagai perwira TNI/Polri. Junjung tinggi kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI, Polri," katanya.

Jokowi mengatakan tantangan yang dihadapi bangsa dan negara ke depan juga semakin berat seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Disisi lain, revolusi industri 4.0 melahirkan banyak teknologi baru yang mengubah cara-cara hidup masyarakat dunia.

Misalnya, kata Jokowi, advance robotic dan artificial intelegent yang mempermudah masyarakat di banyak aspek kehidupan. Termasuk, di dunia kemiliteran dan kepolisian.

"Cara-cara dan model-model lama sudah tidak bisa kita lanjutkan. Tidak ada pilihan lain bahwa kita harus cepat. Kita harus fleksibel. Kita harus cerdik. Kita harus semakin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," jelas dia.

Perkembangan di Dunia Militer

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan bahwa akan terjadi perkembangan yang luar biasa di dunia militer baik dalam hal strategi, taktik, doktrin dan sistem persenjataan.

Oleh sebab itu, Jokowi menilai di dunia kepolisian juga harus semakin canggih dalam memberantas kejahatan digital, penegakan hukum, pemeliharaan keamanan dan ketertiban serta perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dan rakyat.

"Saudara-saudara harus menjadi bagian penting dari kualitas SDM Indonesia yang hebat untuk membangun Indonesia yang berdaulat dan bermartabat," tutur Jokowi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Jokowi soal Amnesti Baiq Nuril Dibawa ke Bamus Usai Paripurna DPR

Posted: 15 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR menyelenggarakan rapat paripurna ke-22 masa persidangan V Tahun 2018-2019, pada Selasa (16/7/2019). Dalam rapat, pimpinan sidang Wakil Ketua MPR Agus Hermanto menginformasikan adanya surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang meminta pertimbangan DPR soal permohonan amnesti Baiq Nuril.

"DPR menerima dua surat. Surat pertama dari Presiden RI dengan nomor R-28/Pres/07/2019, hal permintaan pertimbangan. Untuk selanjutnya sesuai dengan tata tertib akan dibahas lebih lanjut sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Agus dalam rapat paripurna DPR, Selasa (16/7/2019).

Anggota DPR Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka kemudian menginterupsi sidang. Dia meminta penjelasan apakah surat dari presiden yang meminta pertimbangan DPR tersebut terkait perkembangan amnesti kepada Baiq Nuril.

Jika memang benar soal Baiq Nuril, dia memohon supaya DPR bisa memperjuangkan nasib Baiq Nuril.

"Jika iya kami mohon semoga dalam rapat Bamus siang hari nanti, kita dapat berjuang bersama memberi pertimbangan di Komisi III DPR," ucap Rieke.

Agus Hemanto membenarkan, surat dari Presiden Jokowi itu terkait permohonan amnesti Baiq Nuril. Surat itu akan dilanjutkan di Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

"Memang betul, hal permintaan pertimbangan. Memang belum ditulis. Tapi benar untuk Baiq Nuril. Nanti siang ada rapat Bamus. Nanti akan dibahas di rapat Bamus," tandas Agus.

Surat dari Baiq Nuril

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (tengah) menerima surat permohonan pemberian amnesti kepada Presiden Joko Widodo dari terpidana kasus pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Baiq Nuril Maknun di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (15/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Terpidana kasus Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Baiq Nuril memberikan surat kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dua lembar kertas yang ditandatangani pada Senin 15 Juli 2019 dan bermaterai itu, berisi harapan agar Jokowi mengabulkan amnesti secepatnya. Dalam lembar pertama, dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas dukungan kepadanya yang tidak henti mengalir.

"Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang terus mengalir, yang sampai saat ini tidak pernah berhenti, dan ini saya bacakan surat, surat seorang anak kepada bapak, Bismillah," kata Baiq membacakan surat di Kantor Staf Presiden, Jalan Merdeka Utara, Senin (15/7/2019).

Baiq Nuril memperkenalkan diri, sebagai rakyat Indonesia yang hanya lulusan SMA. Sebelum dijerat kasus, dia bekerja sebagai honorer di SMA, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ibu dari tiga orang anak, dan memiliki seorang suami yang sebelumnya bekerja di Gili Trawangan. Namun saat terjerat kasus, suaminya terpaksa kehilangan pekerjaan. Lantaran harus mengurus tiga orang anak.

"Akhirnya mengalami nasib yang sama, kehilangan pekerjaan," cerita Baiq sambil meneteskan air mata.

Baiq pun menceritakan rentetan mengapa merekam percakapan mesum atasanya atau kepala sekolahnya saat itu H Muslim. Hingga mengalami teror berulang kali. Mulai dari telepon hingga pelakuan langsung.

"Yang Mulia Bapak Presiden, kasus yang menimpa saya terjadi mulai dari tahun 2013. Teror yang dilakukan oleh atasan saya terjadi berulang kali, bukan hanya melalui pembicaraan telepon, tapi juga saat perjumpaan langsung," ungkap Baiq.

Dia mengakui tidak ada niatan sama sekali untuk menyebarkan rekaman tersebut. Percapakan atasannya tersebut hanya diceritakan satu orang temannya untuk diberikan ke DPRD Mataram. Tindakannya semata-mata untuk mempertahankan pekerjaannya. Agar tetap membantu suaminya menghidupi ketiga anaknya.

"Bapak, barangkali, barangkali ada satu kesalahan yang saya lakukan. Karena saya merasa sangat tertekan saat itu, kesalahan saya (jika itu dianggap suatu kesalahan) adalah karena saya menceritakan rekaman tersebut pada satu orang teman saya," ungkap Baiq Nuril.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalin Kerja Sama dengan Korea, SMF Dorong Pertumbuhan Perumahan

Posted: 15 Jul 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Sarana Multigriya Financial (Persero) atau [SMF](4005521/ "") dan Korean Housing and Urban Guarantee Corporation (HUG) resmi tandatangani perjanjian kerja sama di Jakarta, Selasa (16/7/2019). Kerjasama ini dilakukan untuk bertukar informasi dan wawasan seputar kebijakan perumahan, jaminan serta sistem pembiayaan perumahan.

Penandatanganan MoU (memorandum of understanding) tersebut dilakukan oleh Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo dan Presiden HUG, Lee Chae Kwang.

Dalam acara ini, hadir pula Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Duta Besar Korea Selatan serta Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Kementerian Keuangan RI.

Ananta menyatakan, [SMF](4005521/ "") hendak mengembangkan pembiayaan perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Kerja sama ini diharapkan jadi langkah awal bagi kedua belah pihak untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan terkait pembiayaan perumahan," ujarnya di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Sementara, kerja sama yang akan berlangsung selama satu tahun ini melingkupi beberapa hal, diantaranya pertukaran materi/dokumen informasi kebijakan perumahan, pengoperasian dan kebijakan sistem jaminan, pasar perumahan, pembinaan sumber daya manusia dan penegakan kemitraan bersama.

Nantinya, model bisnis penjaminan perumahan yang dilakukan HUG diharapkan dapat diimplementasikan [SMF](4005521/ "") untuk mendorong pertumbuhan industri perumahan Indonesia.

SMF Terbitkan Surat Utang Rp 2,2 Triliun

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Sebelumnya, SMF menerbitkan Obligasi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) V tahap I Tahun 2019, senilai Rp 2,1 triliun, dan Sukuk Mudharabah berkelanjutan I Tahap I sebesar Rp 100 miliar, dengan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Melalui penerbitan oblligasi kali ini SMF menawarkan tiga seri obligasi, yakni obligasi seri A dengan jumlah pokok sebesar Rp 428 miliar, tingkat bunga tetap sebesar 7,50 persen dengan jangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi.

Obligasi seri B mempunyai jumlah pokok sebesar Rp 640 miliar, dengan tingkat bunga tetap 8,50 persen berjangka waktu 3 tahun, dan obligasi seri C bernilai pokok Rp 932 miliar, dengan bunga tetap 8,75 persen berjangka waktu 5 tahun. 

Selain itu, SMF juga menerbitkan Sukuk Mudharabah I Tahap I sebesar Rp 100 miliar berjangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi. Penerbitan ini merupakan bagian dari Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahun 2019.

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, Heliantopo mengatakan, bahwa target dana akan dihimpun selama 2 tahun dari PUB V Tahap I yaitu sebesar Rp 19 triliun, sedangkan untuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I yaitu sebesar Rp 2 Triliun.

Obligasi tersebut telah memenuhi kriteria instrumen bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.36/POJK.05/2016, Tentang Perubahan atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.1/POJK.05/2016, Tentang Investasi Surat Berharga Bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Smartphone 5G Huawei Bakal Rilis Akhir Bulan Jadi Sorotan

Posted: 15 Jul 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski masalah dengan Amerika Serikat masih belum selesai, Huawei dikabarkan sedang bersiap untuk meluncurkan smartphone 5G pertama mereka.

Artikel tentang perangkat 5G pertama yang bakal diluncurkan Huawei ini, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (15/7/2019).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel hits lain yang mencuri perhatian pembaca. Di antaranya seperti, kamera di aplikasi Google Translate bisa deteksi 88 bahasa, dan ATSI minta pemblokiran IMEI tidak membebani operator.

Lebih lengkapnya, langsung saja simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Huawei Bakal Rilis Smartphone 5G Akhir Bulan Ini

Huawei Mate 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Setelah ramai dengan berita Huawei diblokir oleh Amerika Serikat dan tak boleh melakukan kerja sama dengan perusahaan AS, Huawei membuat berita baru.

Meski masalah dengan AS belum selesai sepenuhnya, raksasa teknologi Tiongkok ini tetap akan merilis smartphone 5G mereka ke sejumlah pasar yang jadi prioritas mereka.

Februari lalu, Huawei mengumumkan smartphone layar lipat Mate X. Saat itu Mate X seharusnya menjadi smartphone pertama Huawei yang mendukung layanan internet 5G.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Kamera di Aplikasi Google Translate Bisa Deteksi 88 Bahasa

Ilustrasi Google Translate. Dok: jejuweekly.com

Kamera pada aplikasi Google Translate kini dibekali fitur deteksi bahasa otomatis.

Fitur ini, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (15/7/2019), mampu mendeteksi 88 bahasa mulai dari bahasa negara-negara di Eropa hingga Afrika dan Asia.

Cara kerjanya sederhana; pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke objek yang memuat tulisan. Kemudian aplikasi Google Translate secara otomatis akan mendeteksi bahasa dari tulisan itu dan menampilkan hasil terjemahannya.

Selengkapnya baca di sini

3. ATSI Minta Pemblokiran IMEI Tak Bebani Operator

IMEI. Liputan6.com/Isk

Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Ririek Adriansyah, meminta regulator mempertimbangkan kembali mengenai pembebanan investasi untuk pemblokiran IMEI smartphone kepada operator seluler.

Ririek mengatakan, pihaknya bersama dengan operator seluler mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan pemblokiran IMEI smartphone.

"Kami mendukung pemerintah, karena (kebijakan pembatasan IMEI) ada kepentingan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara, terutama dari biaya masuk smartphone ilegal," kata Ririek Adriansyah di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Daerah Terdampak Gempa Bali

Posted: 15 Jul 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Gempa hari ini mengguncang wilayah Kabupaten Jembrana, Bali. Gempa tersebut bermagnitudo 5,8 dan telah terjadi lindu susulan sebanyak 7 kali.

"Hingga pukul 08.00 WIB telah terjadi tujuh kali gempa susulan dengan kekuatan yang semakin mengecil," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono di Jakarta dilansir Antara, Selasa (16/7/2019).

Dia memaparkan, kekuatan gempa susulan paling besar bermagnitudo 3,2 dan terkecil magnitudo 2,5 dan getaran gempa tidak dirasakan.

Menurut Rahmat, gempa magnitudo 6,0 yang terjadi pada pukul 07.18 WIB disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,08 Lintang Selatan dan 114,55 bujur Timur itu tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 kilometer arah selatan kota Negara, kabuputaen Jembrana, Bali pada kedalaman 104 kilometer.

Gempa bumi berkedalaman menengah tersebut menurut hasil pemodelan BMKG tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, getaran gempa dirasakan hingga ke daerah lain.

Beberapa daerah yang turut merasakan getaran akibat gempa di Bali dihimpun Liputan.com:

 

1. Banyuwangi

Ilustrasi gempa

Warga di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur juga merasakan gempa yang mengguncang Bali. Beberapa masjid dan rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

"Rusaknya tidak parah. Gentengnya banyak yang jatuh. Ada beberapa laporan masjid yang rusak di bagian atap. Di wilayah Rajekwesi, ada juga di Tegaldilimo, dan Blimbingsari," ujar Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan perubahan Iklim Nahdatul Ulama (LPBI NU) kabupaten Banyuwangi, Untung Hermawan.

Menurutnya, pihak LBPI NU Banyuwangi, masih mendata kerusakan diakibatkan gempa dan ia masih belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa.

"Sementara yang paling parah ya masjid di Rajaweksi. Atapnya hampir ambruk," kata Untung.

 

2. Mataram

Wisatawan asing berjalan di sekitar Pantai Nusa Dua, Bali setelah gempa bumi, Senin (6/8). Aktivitas pantai Nusa Dua Bali masih ramai wisatawan asing setelah adanya gempa 7 pada skala richter yang berpusat di Lombok NTB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Getaran lindu juga dirasakan warga di mataram. Sebagian warga Mataram berhamburan keluar rumah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Badung V MMI, Nusa Dua IV-V MMI, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat IV MMI, Banyuwangi, Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara III MMI, Jember, Lumajang II- III MMI.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,8," terang Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto seperti dikutip dalam keterangan resmi.

Gempa bumi ini juga tidak berpotensi tsunami. BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

3. Lombok

Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Wilayah Lombok pun mendapatkan guncangan yang diakibatkan guncangan di Bali. Daerah Lombok yang terkena adalah Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Timur, dan Lombok Utara.

Menurut info dari pos-pos pemantauan gunungapi terdekat, gempa bumi ini dirasakan sebesar III MMI di pos pengamatan Gunung Batur dan Gunung Agung di Bali serta Gunung Raung di Banyuwangi.

Gempa bumi ini juga dirasakan sebesar II MMI di Pos Pengamatan Gunung Rinjani, Lombok. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena tidak menimbulkan dislokasi dasar laut.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan," ujar Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani.

4. Jember

Getaran gemoa di Bali  juga dirasakan warga Kabupaten Jember, Jawa Timur.  Hamzah, salah seorang warga perumahan di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember mengatakan getaran dirasakan sangat kuat di daerah tempat dia tinggal.

"Saya berlarian ke luar rumah karena guncangan gempa cukup kuat," kata Hamzah.

Dia mengatakan beberapa benda yang digantung di dalam rumah bergoyang semua, sehingga panik dan berlari ke luar rumah bersama istri dan anaknya. "Guncangan gempa agak lama, sehingga kami menunggu di luar rumah dan banyak tetangga yang juga keluar rumah saat gempa," kata Hamzah seperti dilansir dari Antara.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo membenarkan guncangan kuat gempa Bali yang tidak berpotensi tsunami itu dirasakan warga Kabupaten Jember.

Gempa dirasakan warga hampir di semua kecamatan di Jember, namun hingga kini kami belum menerima laporan terkait kerusakan akibat gempa," tuturnya.

Dia menjelaskan semua personel tim reaksi cepat (TRC) BPBD berada di lapangan untuk memantau dampak gempa yang berpusat di Bali. "Semuanya turun untuk mengecek di lapangan dan mudah-mudahan tidak ada kerusakan," katanya.

 

Reporter: Desti Gusrina

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Sasi Asmara, Atlet Ice Skating Putri Dian Nitami dan Anjasmara

Posted: 15 Jul 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sasi Asmara yang merupakan putri dari artis Anjasmara dan juga Dian Nitami baru-baru ini menjadi sorotan. Pasalnya tak banyak yang mengetahui remaja berusia 15 tahun ini merupakan atlet ice skating yang cukup berprestasi.

Bahkan, baru-baru ini pemilik nama lengkap Sasikirana Zahrani Asmara ini berhasil memperoleh medali emas dalam ajang Johor Ice Skating Challenge 2019. Tentu prestasi yang diperoleh oleh Sasi Asmara ini menjadi salah satu kebanggaan bagi sang ibu, Dian Nitami. Bahkan, Dian Nitami pun sempat mengunggah beberapa foto momen saat Sasi Asmara tengah beraksi dan juga saat berada di atas podium.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sasi Asmara sendiri sempat mengikuti beberapa ajang olahraga ice skating baik di Indonesia maupun di luar negeri. Berikut ini beberapa potret Sasi Asmara yang menjadi perhatian netizen karena cantik dan juga berprestasi yang telah dikumpulkan Liputan6.com, Selasa (16/7/2019). 

1. Sasi sendiri memiliki wajah yang manis ya

Sasi Asmara (Sumber:Instagram/sasikiranaasmara)

2. Bahkan ada yang bilang jika wajah Sasi Asmara sekilah mirip dengan Ariel Tatum.

Sasi Asmara (Sumber:Instagram/sasikiranaasmara)

3. Bukan hanya berprestasi, tapi Sasi Asmara juga memiliki wajah cantik.

Sasi Asmara (Sumber:Instagram/sasikiranaasmara)

4. Ia pun cukup sering mengikuti ajang ice skating baik di skala nasional maupun internasional.

Sasi Asmara (Sumber:Instagram/sasiasmara)

5. Pada Johor Ice Skating Challenge Sasi juga turut tampil dalam kostum Stormtroopers

Sasi Asmara (Sumber:Instagram/sasiasmara)

6. Dian Nitami pun beberapa kali menemani Sasi di setiap acara.

Sasi Asmara (Sumber:Instagram/sasikiranaasmara)

7. Putri Anajasmara dan Dian Nitami memang sudah cukup lama menjajaki dunia ice skating

Sasi Asmara (Sumber:Instagram/sasikiranaasmara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal International Champions Cup 2019: Ajang 12 Tim Besar Adu Kemampuan

Posted: 15 Jul 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang International Champions Cup bakal kembali bergulir tahun ini. Turnamen pramusim tersebut akan mulai digelar pada 16 Juli hingga 10 Agustus 2019 mendatang.

Seperti edisi sebelumnya, pertandingan International Champions Cup disebar ke beberapa negara. Kali ini kompetisi hadir di Amerika Serikat, Singapura, Tiongkok, Wales, Inggris, dan Swedia.

Tapi, jumlah peserta ICC kali ini menurun dari edisi sebelumnya. Ada 18 tim yang meramaikan turnamen itu tahun lalu.

Sementara ajang 2019 menampilkan 12 nama. Mereka adalah AC Milan, AS Roma, Arsenal, Atletico Madrid, Bayern Muenchen, Benfica, Chivas Guadalaraja, Inter Milan, Juventus, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Tim yang menghilang dari International Champions Cup tahun lalu adalah Chelsea, Manchester City, Liverpool, Borussia Dortmund, Olympique Lyon, Paris Saint-Germain, dan Barcelona. Sementara Chivas Guadalaraja berpartisipasi.

Jadwal ICC 2019

Real Madrid kala bersua Manchester United pada laga ICC 2018 di Miami Gardens, Rabu (1/8/2018). (AP/Brynn Anderson)

Jadwal ICC 2019

16 Juli 2019: Fiorentina vs Guadalajara (Seatgeek Stadium, Illinois, AS)

17 Juli 2019: Arsenal vs Bayern Muenchen (Dignity Health Sports Park, Carson, California, AS)

20 Juli 2019: Manchester United vs Inter Milan (National Stadium, Singapura)

20 Juli 2019: Arsenal vs Fiorentina (Bank of America Stadium, Charlotte, North Carolina, AS)

20 Juli 2019: Bayern Muenchen vs Real Madrid (NRG Stadium, Houston, Texas, AS)

20 Juli 2019: Benfica vs Guadalajara (Levis Stadium, Santa Clara, California, AS)

21 Juli 2019: Juventus vs Tottenham Hotspur (National Stadium, Singapura)

23 Juli 2019: Real Madrid vs Arsenal (Fedex Field, Landover, Maryland, AS)

23 Juli 2019: Bayern Muenchen vs AC Milan (Arrowhead Stadium, Kansas City, Missouri, AS)

23 Juli 2019: Guadalajara vs Atletico Madrid (Glob Life Park, Arlington, Texas, AS)

24 Juli 2019: Juventus vs Inter Milan (Nanjing Olympic Sports Complex, Nanjing, Tiongkok)

24 Juli 2019: Fiorentina vs Benfica (Red Bull Arena, Harrison, New Jersey, AS)

Jadwal ICC Berikutnya

25 Juli 2019: Tottenham Hotspur vs Manchester United (Hongkou Football Stadium, Shanghai, Tiongkok)

26 Juli 2019: Real Madrid vs Atletico Madrid (Metlife Stadium, East Rutherford, New Jersey, AS)

28 Juli 2019: AC Milan vs Benfica (Gillete Stadium, Foxborough, Massachussetts, AS)

3 Agustus 2019: Manchester United vs AC Milan (Principality Stadium, Cardiff, Wales)

4 Agustus 2019: Tottenham Hotspur vs Inter Milan (Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris)

10 Agustus 2019: Atletico Madrid vs Juventus (Friends Arena, Stockholm, Swedia)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa Bali Karyawan di Jember Panik

Posted: 15 Jul 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa tektonik 5,8 magnitudo getarannya dirasakan hingga ke kota Jember. Meski hanya beberapa detik gempa cukup membuat para karyawan di kota Jember panik dan keluar kantor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapat Paripurna DPR Sepi, Hanya Dihadiri 85 Orang

Posted: 15 Jul 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR menyelenggarakan rapat paripurna ke-22 masa persidangan V Tahun 2018-2019, pada Selasa (16/7/2019). Pantauan di ruang sidang, banyak bangku kosong yang tidak ditempati anggota dewan.

Pimpinan sidang, Wakil Ketua MPR Agus Hermanto menyatakan, hanya 85 anggota dewan yang hadir sementara 220 izin. Dari total anggota dewan sebanyak 560 orang. Sementara 255 orang tak ada izin.

"85 hadir dan 220 izin," ucap Agus saat sidang paripurna.

Agus menyatakan rapat memenuhi kuorum dan menyatakan rapat paripurna dibuka. Namun, berdasarkan aturan, kuorum rapat DPR RI adalah 50 persen dari jumlah anggota (560 orang) ditambah satu.

Pimpinan yang hadir terlihat dua orang, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto.

"Bismillah rapat kami buka dan terbuka untuk umum," kata Agus.

Adapun ada empat agenda rapat paripurna:

1. Tanggapan Pemerintah Terhadap Pandangan Fraksi Fraksi Atas Rancangan Undang-Undang Tentang Pertanggungjawaban Atas Pelaksanaan APBN (P2APBN) Tahun Anggaran 2018.

2. Laporan Komisi I DPR RI Terhadap Uji Kepatutan dan Kelayakan Terhadap Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Periode 2019-2022.

3. Pendapat Fraksi-Fraksi Atas Rancangan Undang-Undang Usul Badan Legislasi DPR RI tentang Penanggulangan Bencana Dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan Menjadi Rancangan Undang-Undang Usul DPR RI

4. Laporan BKAKN DPR RI Tentang Telaahan Terhadap Hasil Pemeriksaan BPK RI Terkait dengan Dana Desa dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2014-2018.

5. Pembicaraan Tingkat II/Pengambilan Keputusan Terhadap RUU Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sisnas Iptek

6. Pengesahan Perpanjangan Pembahasan 4 RUU Yaitu, RUU Tentang Ekonomi Kreatif, RUU Tentang Larangan Minuman Beralkohol, RUU Tentang Pertambakauan, dan RUU Tentang Daerah Kepulauan.

Pada rapat paripurna ini juga akan dibacakan surat permintaan pertimbangan DPR tentang amensti Baiq Nuril oleh Presiden Joko Widodo. Surat tersebut diserahkan oleh Jokowi pada Senin (15/7/2019).

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Perempuan Pakistan Kawin Kontrak dengan WN China Berujung Derita

Posted: 15 Jul 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Islamabad - Rimsha, gadis Pakistan berusia 27 tahun rela mengakhiri masa lajangnya pada musim semi tahun lalu. Ia menemukan tambatan hatinya, pria China idaman berkat jasa mak comblang. Rimsha berharap, pasangannya mampu membawanya ke dalam kehidupan yang lebih baik.

Foto pernikahan Rimsha, tak ada yang ganjil. Ia mengenakan gaun pengantin putih bersih dengan tiara bersemat di kepalanya. Jari tangannya dan sang suami membentuk hati, dengan tulisan diimbuhkan: "Cinta Tanpa Akhir." Raut mukanya bahagia.

Suami Rimsha konon cukup mapan. Menurut ibunya, Parveen, sang menantu mengoperasikan sebuah pabrik. Ia yakin setelah agen perkawinan mengatakan hal itu kepadanya. Tak hanya kebutuhan Rimsha yang dipenuhi, perempuan itu dijanjikan dapat mengirim uang ke rumah setiap bulannya.

Impian keluarga mempelai wanita ini sederhana. Mereka hanya ingin mengubah nasib, dari hidup keras sebagai minoritas Kristen di Pakistan.

Sayang, realita tak seindah yang dibayangkan.

"Kami mengira putri kami akan bahagia," kata Parveen kepada Radio Free Europe/Radio Liberty (RFE / RL) dalam sebuah wawancara baru-baru ini, dikutip Selasa (16/7/2019).

Rimsha yang saat ini masih di China mengaku suaminya telah melakukan kekerasan kepadanya. Tak hanya itu, sang suami secara tidak langsung telah menjualnya. Rimsha, menjadi salah satu korban perdagangan manusia.

"Dia meminta saya untuk melakukan hubungan seks dengan semua teman-temannya ... itu untuk mendapatkan uang. Dia memukuli saya ketika saya menolak. Tolong bantu saya," kata Rimsha dalam video penuh air mata yang dikirim ke keluarganya melalui aplikasi pesan singkat pada awal Juni.

Rimsha adalah satu dari sejumlah wanita Pakistan yang masuk ke dalam jeruji perdagangan manusia bermodus perjodohan. Di antara mereka yang rentan adalah perempuan dari minoritas Kristen negara itu yang datang dari keluarga miskin.

Pihak berwenang Pakistan pada Mei 2019 menangkap lusinan warga negara Pakistan dan China atas tuduhan mengatur pernikahan semacam itu. Beberapa orang yang diduga sebagai korban mengklaim, mereka diancam dengan pengambilan organ-organ mereka jika akan melarikan diri.

Permintaan di China Sangat Tinggi

Ilustrasi bendera Republik Rakyat China (AP/Mark Schiefelbein)

Permintaan China terhadap mempelai wanita beda negara sangat tinggi. Hal itu berawal dari kebijakan satu anak yang dicetuskan Beijing beberapa dekade lalu. Mengingat banyaknya warga lebih menginginkan anak laki-laki, terjadi ketidakseimbangan gender yang besar. Alhasil, para pria muda kesusahan mendapat istri.

Saleem Iqbal, seorang aktivis Kristen Pakistan yang telah mempelopori upaya untuk membawa orang-orang yang diduga menjadi korban dari Tiongkok, mengatakan kepada RFE / RL, pemerintah China dan Pakistan tidak melakukan cukup banyak usaha yang berarti. Khususnya, untuk menemukan dan mengembalikan pengantin perempuan yang berakhir menjadi korban perdagangan manusia.

"Investigasi sedang berlangsung, dan akan ada lebih banyak penangkapan," kata Iqbal. Ia menambahkan, sekitar 50 perempuan muda telah dikembalikan dari Tiongkok ke Pakistan.

"Tetapi pemerintah Pakistan dan organisasi hak asasi manusia harus angkat suara dan membawa gadis-gadis itu kembali," lanjutnya.

Saat ini, China adalah mitra keamanan dan ekonomi utama untuk Islamabad. Miliaran dolar AS telah dikucurkan dalam program bernama Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC).

Associated Press mengutip dua pejabat Pakistan yang tidak dikenal, mengatakan pada bulan lalu bahwa pejabat senior di Islamabad telah memerintahkan pihak berwenang untuk tetap membisu tentang masalah perdagangan manusia. Hal itu karena kekhawatiran akan merusak hubungan bilateral dengan Beijing.

Sementara itu utusan Beijing di Islamabad sempat mengatakan kabar itu tidak benar.

"Ini adalah kebohongan bahwa gadis-gadis Pakistan sedang diperdagangkan ke China untuk prostitusi paksa atau penjualan organ," kata utusan Tiongkok melalui Twitter pada beberapa bulan lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng 5 Kontraktor, Produksi Pertamina Hemat Rp 119 Miliar

Posted: 15 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Hulu Energi West North Offshore (WMO) bersinergi dengan Lima Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS), dalam menggunakan alat operasi pencarian minyak dan gas bumi (migas).

Hal ini terwujud dalam penandatanganan kontrak bersama integrasi dan penggunaan bersama fasilitas dan jasa penunjang, antara PHE WMO sebagai Petronas Carigali (PC) Muriah Ltd., PC Ketapang II Ltd., PC North Madura II Ltd., PT Pertamina EP dan KrisEnergy (Satria) Ltd. dan SKK Migas selaku regulator usaha migas Indonesia.

Direktur Keuangan & Layanan Bisnis PHE Huddie Dewanto mengatakan, melalui kontrak bersama ini, akan membawa keuntungan yang signifikan bagi negara melalui efisiensi dan optimalisasi biaya operasi hulu migas dan dapat dijadikan acuan bagi KKKS lain.

"Upaya meningkatkan kinerja dengan melakukan sinergi bersama berbagai pihak, agar tercapai beragam potensi dan efisiensi dalam menjalankan proses bisnisnya," kata Huddie, di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dalam Kontrak bersama yang akan berlaku efektif tanggal 1 Agustus 2019, berlaku nilai harga satuan yang sama dan terbaik untuk seluruh KKKS yang menggunakan fasilitas dan jasa Shorebase terintegrasi yang berlokasi di Lamongan Shorebase.

Dimana sebelum adanya kontrak bersama ini, enam KKKS yang berada di Lamongan Shorebase memiliki Kontrak sendiri dengan penyedia jasa yang sama, dan terdapat variasi nilai harga satuan.

 

Hemat Rp 119 Miliar

Dengan sinergi ini, didapatkan nilai penghematan sebesar Rp 119 miliar, dibandingkan apabila para KKKS tetap menggunakan harga kontrak lama untuk periode 5 tahun kedepan.

Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas Tunggal mengungkapkan, industri migas saat ini sangat mendorong upaya-upaya efisiensi oleh para pelaku migas, mulai dari level regulator, pengawas, pengendali dan pelaksana, sehingga dapat menciptakan kegiatan yang efektif dan efisien.

Salah satu upaya pencapaian kegiatan yang efektif dan efisien tersebut yakni adanya sinergi dari para pemangku kepentingan, melalui pengadaan bersama atau kontrak bersama ini untuk ikut berperan bersama dalam mendukung peningkatan produksi dan lifting migas nasional.

Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas Erwin Suryadi menambahkan, bahwa kegiatan ini patut menjadi perhatian sebagai bukti bahwa industri hulu migas masih menjadi primadona investasi di Indonesia, kehadiran industri ini harus tetap berkomitmen menjalin kemitraan bersama masyarakat sekitar dalam membangun ekonomi lokal yang kuat dan berkelanjutan.

"Selain itu SKK Migas juga secara kontinu melakukan perbaikan dan mencari terobosan - terobosan baru, khususnya dibidang pengadaan untuk dapat mendatangkan barang atau jasa ke Lapangan yang tetap memperhatikan kualitas, harga dan kemampuan produksi khususnya untuk produk – produk dalam negeri," tandasnya.

Pertamina Cari Cadangan Migas di Selat Malaka

Suasana kilang minyak Pertamina Refenery Unit IV Cilacap, Rabu (7/2). Kilang minyak RU IV Cilacap ini untuk memenuhi  kebutuhan BBM bagi Masyarakat Pulau Jawa. (Liputan6.com/JohanTallo)

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) melakukan kegiatan pencarian kandungan minyak dan gas (eksplorasi), dengan melakukan survei seismik 2D di Perairan Selat Malaka, Aceh sepanjang 1.800 km.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi Meidawati mengatakan, kegiatan survei seismik ini merupakan langkah penting anak perusahaan PHE, yaitu PHE NSO yang terus berinovasi dan berkontribusi mendukung ketahanan energi nasional.‎ Dia pun mengapresiasi upaya yang dilakukan berbagai pihak, atas terlaksananya proses pencarian migas ini.

"Sepanjang tahun 2018 hingga pertengahan tahun 2019 PHE telah melakukan pengeboran 6 sumur eksplorasi," kata Meidawati, di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Kegiatan seismik pada tahapan eksplorasi bertujuan untuk mengetahui gambaran bawah permukaan, ini akan menjadi dasar pemodelan sistem petroleum untuk dapat mengetahui lokasi akumulasi hidrokarbon beserta besar cadangannya. Kegiatan 2D Seismik laut ini melingkupi dua kabupaten, yaitu Aceh Timur dan Aceh Utara yang berbatasan langsung dengan perairan Thailand dan Malaysia.

Hasil seismik ini akan mengkonfirmasi potensi akumulasi hidrokarbon yang akan menjadi lapangan andalan untuk menahan laju penurunan produksi. Potensi akumulasi hidrokarbon ke depannya diproyeksi akan menjadi lapangan pengganti dari Lapangan Gas Arun yang pernah berproduksi sekitar 460 MMCFD.

Dalam kegiatan eksplorasi melalui survey seismik, PHE NSO bekerja sama dengan PT Elnusa Tbk. Selain merupakan salah satu wujud nyata sinergi antar anak perusahaan Pertamina, sekaligus merupakan bukti keseriusan PHE NSO yang saat ini dikelola dengan PSC Gross Split untuk meningkatkan cadangan migas.

"Rencananya survey seismik ini akan selesai pada bulan Juli 2019. Selanjutnya, hasil seismik ini akan ditindaklanjuti dengan seismik processing, interpretation dan modeling sehingga dapat digunakan dalam mengusulkan sumur pemboran eksplorasi untuk peningkatan cadangan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Kumpulkan Donasi, Pria Ini Bersepeda dari Finlandia hingga Jakarta

Posted: 15 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keterbatasan dana kerap menjadi masalah bagi relawan yang aktif dalam kegiatan kemanusiaan, sosial maupun kesehatan. Karena itulah beragam cara dilakukan untuk bisa mendapat bantuan dana dari orang-orang. 

Lazimnya untuk menggalang donasi orang-orang akan mengadakan bazaar, lelang, pertunjukan atau penjualan kupon-kupon sumbangan. Namun, aksi berbeda dilakukan oleh seorang Pria asal Denmark.

Seorang pria asal Denmark gencar melakukan aksi sosial dan menggalang dana untuk peduli kesehatan mental anak. Masalah kesehatan mental ternyata tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun punya risiko yang sama. Kesehatan mental anak tidak hanya diartikan sebagai kondisi mental anak yang terlihat baik, namun juga mencangkup kemampuan untuk berpikir secara jernih, mengendalikan emosi, dan bersosialisai dengan anak seusianya. Salah satu negara dengan kasus kesehatan mental pada anak yang cukup tinggi adalah Greenland.

Hal ini lah yang membuat Emil Hvidtfeldt asal Denmark, rajin mengumpulkan donasi. Namun, pria asal Denmark ini ternyata memiliki cara yang unik untuk menyebarkan peran positifnya ke berbagai negara. Emil Hvidtfeldt diketahui bersepeda dari Finlandia hingga Jakarta, seperti Liputan6.com lansir dari Lorry, Selasa (16/7/2019).

Bersepeda dari Finlandia hingga Jakarta

Emil Hvidtfeldt baru saja melakukan kegiatan yang terbilang ekstrem bagi orang pada umumnya. Pria yang berasal dari Denmark ini melakukan perjalanan melintasi dua benua, yaitu Eropa dan Asia dengan bersepeda. Total perjalanan yang dilakukan Emil mencapai 18.000 Kilometer.

Emil memulai perjalanannya dengan bersepeda dari Finlandia pada akhir April 2018. Selama satu tahun ia mengayuh sepeda melintasi 26 negara hingga berakhir di Indonesia. Dari Kota Turku, Finlandia, ia menjelajah jalur darat menuju titik akhir di Jakarta, Indonesia dengan bersepeda. Pada Rabu, 8 Mei 2019, ia menginjakkan kakinya di Jakarta, sebagai destinasi akhir perjalanan panjangnya.

Lebih kurang 18.000 Kilometer ditempuhnya dalam kurun waktu lebih dari setahun terakhir, melintasi 26 negara di dua benua. Bahkan Emil telah merasakan berbagai macam suhu dan cuaca selama perjalanan. Suhu dingin yang ekstrem di Himalaya yang mencapai -20 derajat, serta panas menyengat saat melintasi wilayah Asia Tenggara, disebutnya sebagai salah satu tantangan paling berat.

Tujuan Emil Hvidtfeldt

Emil memilih Indonesia sebagai destinasi terakhir karena Indonesia adalah negara yang jauh dan sangat eksotis sehingga menjadi destinasi impian Emil.

"Saya memilih Indonesia sebagai destinasi terakhir karena Indonesia adalah negara yang sangat jauh sekaligus sangat eksotis. Jadi kenapa tidak menjadi suatu destinasi impian? Apalagi biasanya orang hanya bisa terbang dari Denmark ke Indonesia," tutur Emil.

Ia menuturkan perjalanannya itu dilakukan sebagai upaya bentuk aksi sosial untuk menggalang dana bagi Association for the Greenlandic Children, suatu Lembaga Swadaya Masyarakat di Greenland yang bekerja untuk mengatasi masalah kesehatan mental dan sosial anak-anak Greenland.

Dari perjalanan tersebut, ia telah berhasil mengumpulkan donasi sebesar 64,5 ribu kron denmark atau sekitar Rp 138 juta yang akan disumbangkan untuk kesehatan mental anak-anak Greenland. Ide penggalangan dana lewat bersepeda lintas negara ini muncul dari pengalamannya ketika ia menimba ilmu di Greenland selama satu tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPBD: Belum Ada Laporan Korban Jiwa atau Terluka Akibat Gempa Bali

Posted: 15 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada korban jiwa ataupun luka akibat gempa Bali, Selasa (16/7/2019). Pukul 07.18 WIB, Bali diguncang gempa magnitudo 5,8 yang dirasakan di seluruh Denpasar.

"Sementara nihil/tidak ada laporan," ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali Ardy Ganggas kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa.

Sementara itu, kerusakan bangunan dilaporkan hanya terjadi di Denpasar Utara. Kerusakan dilaporkan warga terjadi di Pura Lokanatha. 

Pasca gempa Selasa, 17 Juli 2019 hasil kordinasi Pusdalops PB BPBD Kota Denpasar dengan masing-masing kecamatan di Kota Denpasar.

"Ulon Acintya Padmasana terjatuh ke belakang dan merusak bagian teratai, kepala angsa, mulut Paksi, ekor Bedawang, dan genah arca. Kerugian diperkirakan fisik Rp 20 juta," kata Ardy.

Sementara, Denpasar timur, barat, dan selatan, nihil laporan tentang kerusakan bangunan akibat gempa Bali.

Warga Panik

Bali diguncang gempa, warga di Dusun Wanasari, Jalan Ahmad Yani Selatan Denpasar berhamburan. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Gempa mengguncang Bali. Getaran cukup keras dirasakan warga. Akibatnya, sejumlah warga berhamburan ke luar rumah.

Seperti di Dusun Wanasari, Jalan Ahmad Yani Selatan Denpasar. Sejumlah warga yang panik dengan kencangnya guncangan gempa berlari ke luar rumah.

Sejumlah siswa di sekolah juga panik ke luar kelas.

Laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, kekuatan gempa 6,0 magnitudo terjadi pada pukul 07.18 Wita.

Lokasi gempa 9.11 LS,114.54 BT (83 kilometer Baratdaya Nusa Dua-Bali dengan kedalaman 68 kilometer. Kendati begitu, gempa tidak menimbulkan tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M 6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 5,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 kilometer arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali pada kedalaman 104 kilometer.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SCTV Raih 3 Penghargaan di Anugerah Syiar Ramadhan 2019

Posted: 15 Jul 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beragam program Ramadan 2019 yang ditayangkan oleh SCTV membuahkan hasil. SCTV meraih tiga penghargaan Anugerah Syiar Ramadhan 2019 yang diselenggarakan Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Digelar pada Senin (16/7/2019) malam lalu, Anugerah Syiar Ramadhan 2019 mengumumkan bahwa SCTV memenangkan dua kategori program terbaik dan satu kategori artis terbaik.

Program Mutiara Hati Quraish Shihab SCTV memenangkan kategori Program Kultum Ramadhan Terbaik. Lalu sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 12 "Ganti Nasib" eps 9 menang untuk kategori Program Sinetron Ramadhan Terbaik.

Sementara itu, aktris Silvia Anggraini yang tampil dalam sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 12 sukses menyabet piala untuk kategori Aktor Muda Inspiratif.

Program Para Pencari Tuhan Jilid 12 SCTV meraih penghargaan di Anugerah Syiar Ramadhan 2019. (Instagram @kpipusat)

Komentar Para Pemenang

Aktris Para Pencari Tuhan Jilid 12 SCTV, Silvia Anggraini, meraih penghargaan di Anugerah Syiar Ramadhan 2019. (Instagram @kpipusat)

Mengintip akun Instagram Anugerah Syiar Ramadhan 2019, kepuasan terlihat dari tim Para Pencari Tuhan Jilid 12. "Alhamdullilah, berkat kerja keras semua team dan juga ppt lovers!" tulis tim sinetron tersebut melalui akun @parapencarituhan12.

Kegembiraan juga diungkapkan Silvia Anggraini. Membuka akun Instagramnya, @silviaanggraini29, ia membubuhkan emotikon hati pada unggahan pengumuman pemenang yang menyebutkan namanya.

Program Edukatif

Program Mutiara Hati SCTV meraih penghargaan di Anugerah Syiar Ramadhan 2019. (Instagram @kpipusat)

KPI menggelar Anugerah Syiar Ramadhan 2019 dalam rangka mengapresiasi program-program siaran Ramadan di televisi yang edukatif, sehat, berkualitas serta selaras dengan regulasi penyiaran.

Penghargaan ini digelar secara rutin setiap tahun oleh KPI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu BPK Hadapi Sjamsul Nursalim, KPK Ajukan Diri Sebagai Pihak Terganggu

Posted: 15 Jul 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasa terganggu dengan gugatan perdata yang diajukan pihak pemegang saham Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim terhadap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan auditornya, I Nyoman Waram.

KPK pun akan menyerahkan permohonan sebagai pihak ketiga yang terganggu kepentingannya atas gugatan tersebut ke Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

"Rencana KPK akan serahkan secara resmi permohonan menjadi pihak ketiga yang kepentingannya terganggu dengan gugatan perdata Sjamsul Nursalim pada BPK-RI," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (16/7/2019).

Sjamsul Nursalim melalui kuasa hukumnya menggugat secara perdata BPK dan auditornya I Nyoman Wara ke PN Tangerang.

Gugatan Sjamsul berkaitan dengan audit investigatif tentang kerugian negara dalam kasus penerbitan surat keterangan lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Sjamsul sendiri sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kasus penerbitan SKL BLBI pada BDNI bersama istrinya, Itjih Nursalim. Keduanya disebut merugikan negara Rp 4.58 triliun. Kerugian tersebut bersumber dari audit investigatif BPK pada tahun 2017.

 

Alasan KPK Dukung BPK

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemprov Papua merupakan daerah yang memiliki risiko korupsi tertinggi dengan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Febri menyebut, dukungan yang diberikan KPK terhadap BPK lantaran sejak awal penanganan kasus BLBI merupakan kerja sama antara dua lembaga negara itu, terutama berkaitan dengan perhitungan kerugian negara.

"Ini juga menjadi pelajaran penting ke depan bahwa siapa pun pihak-pihak lain yang ingin menggugat ahli yang diajukan oleh KPK, atau pun kerjasama KPK dengan instansi lain, maka KPK akan memberikan dukungan penuh," kata Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gempa Guncang Bali, Pura dan Gerbang Nusa Dua Rusak

Posted: 15 Jul 2019 09:34 PM PDT

Puing-puing dari bangunan gapura Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Duaakibat gempa di Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8  yang mengguncang Bali dilaporkan terasa hingga ke Lombok dan wilayah Jawa Timur, seperti Jember dan Lumajang. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Puing-puing dari bangunan gapura Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Duaakibat gempa di Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8 yang mengguncang Bali dilaporkan terasa hingga ke Lombok dan wilayah Jawa Timur, seperti Jember dan Lumajang. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Pemuka agama dan prajurit TNI memantau kerusakan pada bagian candi yang runtuh akibat gempa di Pura Lokanatha, Denpasar, Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8  yang mengguncang Bali dilaporkan terasa hingga ke Lombok dan wilayah Jawa Timur. (AP/Firdia Lisnawati)

Pemuka agama dan prajurit TNI memantau kerusakan pada bagian candi yang runtuh akibat gempa di Pura Lokanatha, Denpasar, Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8 yang mengguncang Bali dilaporkan terasa hingga ke Lombok dan wilayah Jawa Timur. (AP/Firdia Lisnawati)

Pemuka agama memantau kerusakan pada bagian candi yang runtuh akibat gempa di Pura Lokanatha, Denpasar, Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8  yang mengguncang Bali tidak menimbulkan korban jiwa, tapi sejumlah bangunan di beberapa kawasan mengalami kerusakan. (AP/Firdia Lisnawati)

Pemuka agama memantau kerusakan pada bagian candi yang runtuh akibat gempa di Pura Lokanatha, Denpasar, Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8 yang mengguncang Bali tidak menimbulkan korban jiwa, tapi sejumlah bangunan di beberapa kawasan mengalami kerusakan. (AP/Firdia Lisnawati)

Puing-puing dari bangunan gapura Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Duaakibat gempa di Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8  yang mengguncang Bali tidak menimbulkan korban jiwa, tapi sejumlah bangunan di beberapa kawasan mengalami kerusakan. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Puing-puing dari bangunan gapura Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Duaakibat gempa di Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa Magnitudo 5,8 yang mengguncang Bali tidak menimbulkan korban jiwa, tapi sejumlah bangunan di beberapa kawasan mengalami kerusakan. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa Bali Terasa Hingga Banyuwangi, Atap Masjid Roboh

Posted: 15 Jul 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa Bali magnitudo 5,8 terasa hingga daerah Banyuwangi Jawa Timur. Getaran keras membuat sejumlah bangunan rumah roboh. Salah satu masjid bahkan roboh atapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Pecat Pegawainya yang Kawal Idrus Marham saat ke Rumah Sakit

Posted: 15 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Pengawasan Internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan pemeriksaan terhadap pengawal tahanan bernisial M yang mengawal Idrus Marham saat berobat di RS MMC, Kuningan, Jakarta Selatan.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dari hasil dari pemeriksaan disimpulkan ada kelalaian dari pengawal tahanan. Pimpinan KPK pun memutuskan memberiksan sanksi berat kepada M.

"Pimpinan memutuskan saudara M diberhentikan dengan tidak hormat karena terbukti melakukan pelanggaran disiplin sebagaimana yang diatur di peraturan tentang kode etik KPK dan aturan lain yang terkait," ujar Febri saat dikonfirmasi, Selasa (26/7/2019).

Febri mengatakan, proses pemeriksaan dan penelusuran informasi terkait berobatnya Idrus Marham dilakukan sendiri oleh Direktorat Pengawasan Internal KPK.

Selanjutnya, Direktorat Pengawasan Internal KPK akan memeriksa pihak-pihak yang mengetahui kejadian tersebut dan mempelajari bukti-bukti elektronik yang telah didapatkan.

"Direktorat Pengawasan Internal KPK juga menegaskan bahwa dalam pelaksanaan tugasnya terus akan menerapkan prinsip zero tolerance terhadap pelanggaran yang terjadi," kata Febri.

Pengetatan Izin Berobat

Mantan Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/4/2019). Idrus Marham menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Dirut nonaktif PT PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Lantaran kejadian ini tak mau terulang, KPK pun melakukan pengetatan terhadap izin berobat tahanan. Seluruh pengawal tahanan juga telah dikumpulkan untuk diberikan pengarahan tentang disiplin dan kode etik.

"KPK akan melakukan pengetatan aturan dan tidak akan mentolerir pelanggaran sekecil apapun," kata Febri.

M sendiri menjadi pegawai KPK sejak Februari 2018 sebagai Pegawai Tidak Tetap KPK. Sehingga sampai pemberhentian dilakukan, yang bersangkuta bekerja di KPK selama 1 tahun 5 bulan.

Sebelumnya, Ombudsman Republik Indonesia menduga ada maladministrasi dari keluarnya Idrus Marham saat berobat di RS MMC, Kuningan. Idrus tak mendapat pengawalan ketat saat berobat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Korban Santet, Wendy Cagur Diganggu Saat Baca Alquran

Posted: 15 Jul 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wendy Cagur baru-baru ini membuat pengakuan bahwa ia pernah menjadi korban ilmu hitam.

Dalam pengakuannya di vlog Denny Cagur bertajuk "wendy Cagur di santet" ini, ia mengaku tidak nyaman saat berada di rumahnya atau bersama keluarganya. Tak hanya itu, Wendy Cagur juga mengalami sakit pada tubuhnya, meski secara medis ia dinyatakan sehat.

Wendy Cagur tentu saja kebingungan dengan masalah yang dihadapinya ini. Namun, perkataan seorang sahabat artis membuatnya menjadi tenang.

"Mas Agus Kuncoro yang menenangkan ane. Dia cuma ngomong seperti ini, 'Makin banyak lu bertanya sama orang, semakin bingung lu, dan semakin jauh lu dari Tuhan, dari Allah'," tutur Wendy Cagur dalam tayangan video yang diunggah di YouTube pada Minggu (14/7/2019) lalu.

Suara Ngorok

Wendy Cagur (Instagram/ wendicagur)

Di saat yang sama, Wendy Cagur mengaku kala itu ia memang mulai rajin beribadah. Salah satunya, dengan mengaji 30 ayat dalam sehari, berikut membaca artinya.

Ternyata ia juga beberapa kali diganggu saat sedang melantunkan ayat Alquran. Yang pertama saat ia mengaji di hadapan sang istri, di atas tempat tidur. Saat itu, ia mendengar suara seperti orang mengorok. Tentu Wendy mengira istrinya yang mengeluarkan suara tersebut.

"'Ini suami baca Alquran dia malah ngorok'," tutur Wendy Cagur menceritakan pikirannya kala itu.

Setelah tuntas mengaji, Wendy Cagur lalu membangunkan istrinya. Nah, sang istri justru mengatakan ia sama sekali tak tidur, bahkan mengorok.

 

Dibuat Terbata

Wendi Cagur

Dalam kesempatan lain, Wendy Cagur juga merasa gangguan sehingga ia dibuat sangat terbata-bata dalam membaca ayat Alquran. Padahal, hal ini tak ia alami sebelumnya.

"Astaghfirullahaladzim, gue diisengin lagi nih," kata Wendy Cagur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayi Siti Penderita Hidrosefalus di Blora Terancam Jadi Gelandangan

Posted: 15 Jul 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Siti Masiroh, bayi berusia 6 bulan penderita hidrosefalus, warga Dukuh Wotrangkul RT 4 RW 1, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, terancam menjadi gelandangan.

Pasalnya rumah yang sehari-hari ditempati orangtua Siti, Rahmad Zanuar Zaki dan Darsi, sudah terjual Rp14,5 juta. Uangnya digunakan untuk biaya pengobatan Siti Masiroh.

Dua bulan lagi mereka harus mengosongkan rumah, sang pembeli akan menempatinya. Mereka pun kini bingung akan tinggal di mana nantinya.

Sementara kondisi kepala bayi Siti semakin membesar. Orangtua Siti masih menunggu aktivasi kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk bisa merujuk bayinya ke rumah sakit yang lebih besar.

"Ini kami belum mempunyai KIS karena masing menunggu. Kalau akte kelahiran dan Kartu Keluarga kami sudah ada," kata Darsi, Senin (15/7/2019).

Darsi mengaku, beberapa waktu lalu Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Blora datang menjenguk bayi Siti.

"Kemarin dari Dinas ngomong akan membantu agar dibuatkan KIS, tapi kami belum dikabari lagi," ungkapnya.

Darsi hanya bisa pasrah atas keadaan yang mereka alami. Kata dia, untuk berobat Siti Masiroh biayanya mahal dan tak bisa jika tidak ada bantuan dari pemerintah.

"Sekarang sudah tidak ada yang bisa dijual lagi, ya pasrah mas," katanya.

Darsi berharap semoga ada keajaiban bagi anaknya. Lebih-lebih, kata dia, ada dermawan yang mau membantu biaya pengobatan anaknya.

"Yang penting anak saya mas, bisa sembuh sudah bersyukur. Soal makan tidak kami pikirkan. Ada nasi dimakan nasi, ada air diminum air, apa adanya saja," katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto mengatakan, belum bisa berbuat banyak lantaran Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang ditunggu-tunggu memang belum jadi.

"Belum, nanti kalau sudah jadi tak kabari," katanya singkat.

Sebelumnya, Lilik Hernanto juga mengatakan, bayi Siti belum memiliki KIS sehingga tidak berani merujuk secara langsung. Sebab biaya pengobatan yang diderita Siti Masiroh cukup mahal.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pintar, Aksi Anjing Tirukan Pose Foto-foto Ini Bikin Gemas

Posted: 15 Jul 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain kucing, anjing memang menjadi hewan peliharaan favorit banyak orang. Tingkah laku anjing selalu bisa membuat pemiliknya geleng-geleng kepala. Selalu saja ada tingkah laku lucu dan menggemaskan dari apa yang dilakukan anjing.

Seperti yang dilakukan anjing jenis poodle berwarna cokelat ini. Selain menggemaskan, anjing ini juga dilatih supaya menjadi anjing yang pintar dan menurut dengan instruksi yang diberikan pemiliknya.

Anjing poodle yang pintar ini pun sanggup menirukan beberapa pose foto. Kemampuan anjing ini kemudian divideokan dan ternyata viral di kalangan netizen. Postingan viral anjing tirukan pose foto ini dibagikan Minggu (14/7/2019) dan sudah diretweet lebih dari dua puluh lima ribu pengguna Twitter.

Penasaran kan bagaimana aksi anjing lucu dan menggemaskan ini saat menirukan pose foto? Berikut Liputan6.com lansir dari postingan Twitter @9gag, Selasa (16/7/2019).

Anjing pintar tirukan pose foto

Anjing memang terkenal sebagai hewan yang pintar. Anjing mampu dilatih dan menuruti intruksi. Hal ini juga diterapkan pada anjing poodle berwarna cokelat. Tak hanya lucu, anjing ini pun sangat lihai menirukan pose foto yang ditunjukkan pemiliknya.

Video tersebut diawali anjing lucu yang memakai dasi kupu-kupu warna merah. Anjing tersebut menirukan gaya pose foto persis seperti apa yang ditunjukan pemiliknya. Ada lima pose yang anjing ini tirukan. Kepintaran anjing ini sungguh membuat takjub ketika perintah terakhir yakni menaruh dagu di telapak tangan sukses ditirukan.

Video Viralnya

Komentar Netizen

Tingkah laku pintar anjing ini mengundang para netizen untuk mengomentari aksinya. Berikut komentar netizen telah dirangkum di bawah ini.

"Pinter banget nih si anjing" tulis akun @tapidimas

"Anjeng idaman ni." tulis akun @melissacathe

"love this video so cute dog and I love dog really-a man's bestfriend" tulis akun @IRossantayana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Bali Dirasakan hingga Lombok dan Banyuwangi

Posted: 15 Jul 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan gempa bumi bermagnitudo 5,8 yang terjadi di Barat Daya Nusa Dua, Bali pukul 07.18 WIB, berasosiasi dengan zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia.

Pusat gempa bumi berdasarkan data Badan Meteoroloi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada pada koordinat 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur di kedalaman 68 kilometer. Gempa berada pada 83 kilometer Barat Daya, Nusa Dua Provinsi Bali.

Menurut Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani, gempa bumi tersebut terekam oleh badan geologi Jerman GFZ-Postdam yang berpusat pada koordinat 9,06 Lintang Selatan dan 114,47 Bujur Timur dengan kekuaan magnitudo 5,7 pada kedalaman 95 kilometer.

Kasbani menjelaskan pusat gempa bumi berada di laut sebelah Barat Daya Pulau Bali. Daerah terdekat dengan pusat gempa bumi, tersusun oleh batuan karbonat berumur tersier dan batuan gunungapi berumur kuarter.

"Pada batuan yang telah mengalami pelapukan, belum kompak dan bersifat lepas akan memperkuat efek guncangan gempa sehingga akan lebih terasa," kata Kasbani dalam keterangan resminya, Bandung, Selasa, (16/7/2019).

Kasbani menambahkan berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi ini dirasakan guncangannya sebesar V Modified Mercalli Intensity (MMI) di Badung dan Nusa Dua Bali, IV MMI di Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat, III MMI di Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara, II MMI di Jember dan Lumajang.

Dirasakan Hingga Lombok

Menurut info dari pos-pos pemantauan gunungapi terdekat, gempa bumi ini dirasakan sebesar III MMI di pos pengamatan Gunung Batur dan Gunung Agung di Bali serta Gunung Raung di Banyuwangi.

Gempa bumi ini juga dirasakan sebesar II MMI di Pos Pengamatan Gunung Rinjani, Lombok. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena tidak menimbulkan dislokasi dasar laut.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan," ujar Kasbani.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Aktris Kawakan Widyawati Jadi Mahasiswi Baru

Posted: 15 Jul 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi Widyawati saat bermain di film drama komedi berjudul Mahasiswi Baru. Ia menjadi mahasiswi tua yang memiliki teman masih muda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Surplus, Rupiah Menguat ke 13.910 per Dolar AS

Posted: 15 Jul 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat pada perdagangan Selasa ini. Rupiah akan menguat di kisaran 13.900 per dolar AS hingga 13.920 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (16/7/2019), rupiah dibuka di angka 13.910 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.919 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.910 per dolar AS hingga 13.930 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 3,28 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.925 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.970 per dolar AS.

"Pagi ini mata uang kuat Asia yen dan dolar Singapura dibuka menguat terhadap dolar AS yang bisa menjadi sentimen penguatan rupiah hari ini. Kemungkinan rupiah akan menguat terbatas," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara, Selasa (16/7/2019).

Lana memprediksi hari ini rupiah akan menguat di kisaran 13.900 per dolar AS hingga 13.920 per dolar AS.

Sentimen positif bagi rupiah yaitu neraca perdagangan Juni 2019 yang tercatat surplus sebesar USD 196 juta dengan nilai ekspor sebesar USD 11,8 miliar dan impor sebesar USD 11,6 miliar.

Kinerja Juni ini membuat neraca perdagangan selama triwulan kedua, dari April sampai Juni, tercatat defisit sebesar USD 1,87 miliar, lebih tinggi dibandingkan defisit pada periode yang sama tahun 2018 yang sebesar USD 1,46 miliar.

"Dengan defisit yang membesar ini kemungkinan defisit transaksi berjalan pada kuartal II 2019 ini lebih besar dari kuartal II 2018 yang tercatat sebesar 3,04 persen dari PDB," kata Lana.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Teller tengah menghitung mata uang dolar AS di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

 
 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persib vs Kalteng Putra: Maung Bandung Pincang

Posted: 15 Jul 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Persib Bandung sedang pincang saat menjamu Kalteng Putra di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (16/7/2019) dalam laga pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019.

Persib Bandung kehilangan deretan pemain terbaik, yakni M. Natshir karena cedera, Ezechiel N'douassel dan Rene Mihelic akibat hukuman akumulasi kartu.

Meski kehilangan tiga pemain, pelatih Persib, Robert Alberts, menyatakan tetap optimistis. Ia menekankan Persib ingin  meraih tiga poin di kandang sendiri, setelah beberapa laga sebelumnya gagal menang.

"Kami sudah siapkan 11 pemain dengan mental bagus karena kami ingin menang dan mendapat tiga poin karena kami kehilangan banyak poin sebelumnya. Kami tahu menghadapi realita di pertandingan nanti, maka saya nantikan pertandingan ini karena Persib sangat agresif dan sangat lapar untuk bisa cetak gol," ujar Robert.

Robert mengakui Kalteng Putra merupakan tim yang sulit dilawan, apalagi setelah kalah beruntun termasuk di kandang sendiri, tim asuhan Gomez de Oliviera tersebut dipastikan akan memiliki motivasi lebih saat melawan Persib.

"Tapi, kami punya pemain yang siap melawan siapapun lawannya. Pemain kami bagus di latihan dan ingin membuktikan diri. Dan yang terpenting adalah ambil kemenangan dalam pertandingan dan bisa jadi pertandingan terbaik mereka di Persib," jelas Robert.

"Kami benar-benar membutuhkan tiga poin. Kami juga ingin memperlihatkan pada bobotoh Persib Bandung hasil yang terbaik karena mereka sudah datang mendukung," lanjut pelatih asal Belanda ini.

Kalteng Putra Berjuang

Skuat Borneo FC saat melawan Kalteng Putra di Stadion Sultan Agung, Bantul (3/7/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Dari kubu Kalteng Putra, sang pelatih Gomes de Oliviera mengaku hilangnya tiga pemain andalan Persib menjadi sebuah keuntungan bagi tim asuhannya untuk mencuri poin di kandang Persib.

"Tapi, bukan berarti tim Persib jadi lemah karena saya yakin pemain Persib lainnya sangat berkualitas. Siapa saja yang main, mau inti atau cadangan, harus kami hadapi dengan sungguh-sungguh dan fokus untuk dapat hasil di sini," ucap Gomes.

Gomes tahu melawan Persib di kandangnya bukan hal yang mudah, apalagi tim tuan rumah mendapat dukungan dari puluhan ribu suporter secara langsung.

"Kami harus berjuang keras karena kami punya pemain berpengalaman yang sudah membuktikan di manapun kami bermain, bisa dapat hasil yang baik. Kami harus tunjukan kalau kami bisa. Meski, beberapa pertandingan sebelumnya kami mendapat hasil yang tidak baik," jelas Gomes.

Prakiraan Susunan Pemain

Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Achmad Jupriyanto, Ardi Idrus (belakang); Kim Jeffrey Kurniawan, Hariono, Gian Zola Nasrulloh (tengah); Esteban Vizcarra, Artur Gevorkyan, Febri Hariyadi (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih Pratama (kiper); Dendi Agustian Maulana, OK John, Rafael Bonfim, Wasyiat Hasbullah (belakang); Hedipo Gustavo, Fajar Handika, I Gede Sukadana (tengah); Antoni Putro Nugroho, Patrich Wanggai, Feri Pahabol (depan)

Pelatih: Gomes de Oliviera

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktris Lashana Lynch Jadi Agen 007 di Bond 25?

Posted: 15 Jul 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Sebuah kabar mengejutkan datang dari pembuatan film Bond 25. Aktris Lashana Lynch, kabarnya akan diperkenalkan sebagai agen 007 dalam film James Bond terbaru tersebut. 

NME melansir Lynch pada Senin (15/7/2019), Lashana Lynch akan diperkenalkan sebagai agen 007 oleh M di awal film Bond 25. Artinya, ia adalah perempuan pertama yang memainkan karakter agen rahasia ikonis tersebut.

Namun, hingga saat ini belum ada informasi mendetail tentang karakter yang akan dimainkan Lashana Lynch.

Lalu bagaimana dengan aktor Daniel Craig? Sang aktor akan tetap berperan sebagai James Bond. Seorang sumber mengatakan bahwa nantinya James Bond akan keluar dari masa pensiunnya untuk menggagalkan krisis global.

Bintang Captain Marvel

Lashana Lynch (Instagram/ lashanalynch)

Langkah itu diduga karena keterlibatan Phoebe Waller Bridge sebagai penulis naskah untuk Bond 25.

"Ini adalah kisah yang mengasyikkan dan memberikan sensasi untuk dikerjakan," ujar Bridge yang juga berencana memasukkan beberapa humor feminis, dalam sebuah wawancara untuk The Hollywood Reporter's Awards Chatter.

Lashana Lynch sebelumnya muncul dalam film Captain Marvel. Dalam film superhero yang dibintangi Brie Larson tersebut, ia berperan sebagai pilot pesawat tempur bernama Maria Rambeau, sahabat Carol Danvers alias Captain Marvel.

Christoph Waltz

Foto: 007.com

Selain Lashana Lynch, Christoph Waltz juga akan kembali sebagai Blofeld di Bond 25. Ini terlihat dari kehadirannya di lokasi syuting di Pinewood Studios.

Aktor peraih Oscar ini sebelumnya menjadi lawan utama James Bond di Spectre pada 2015. Sebelumnya, ia sempat mengklaim tidak akan membintangi film James Bond berikutnya.

Pembuatan film ini dilanjutkan setelah Daniel Craig menyelesaikan masa penyembuhan setelah operasi.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: