Kamis, 09 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Harga Bawang dan Cabai Terpantau Turun di Pasar Tradisional

Posted: 09 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sempat menyentuh angka Rp 40 ribu per kilogram (kg) di hari pertama puasa, akhirnya harga bawang merah mengalami penurunan. Saat ini harga bawang merah terpantau turun Rp 5.000 menjadi Rp 35 ribu per kg di Pasar Pondok Gede, Bekasi.

"Alhamdulillah udah mulai turun dan stabil, sudah sekitar dua hari ini turun," ujar Slamet salah satu pedagang sayur saat ditemui Liputan6.com, di Pasar Pondok Gede, Bekasi, Jumat (10/5/2019).

Bukan hanya bawang merah saja yang mengalami penurunan, bawang putih pun mengalami hal yang sama.

Saat ini harga bawang putih sudah berada di kisaran Rp 60 ribu per kg, yang sebelumnya sempat mencapai Rp 80 ribu per kg.

"Harga bawang putih udah turun banget, kemarin pas hari pertama puasa segitu karena barangnya kosong. Sekarang pas barangnya sudah ada lagi, harganya jadi turun," tambahnya.

Penurunan harga juga dialami cabai merah. Saat ini harga cabai terpantau berada di kisaran Rp 30 ribu per kg, yang sebelumnya mencapai Rp 50 ribu per kg pada awal Ramadan. "Sudah 2 hari ini harga cabai sama bawang-bawangan turun," Jelas Johan.

Harga tomat juga mengalami penurunan sebanyak Rp 2.000 pe kg, saat ini harga tomat berada dikisaran Rp 14 ribu per kg.

Meskipun tidak seramai saat hari pertama puasa, Ali mengaku penjualannya tidak terlalu sepi karna ini merupakan kebutuhan pokok yang pastinya akan selalu dibeli oleh para ibu rumah tangga.

"Tidak seramai hari pertama, tapi Alhamdulillah masih ramai," jelasnya.

Sementara itu, harga komoditas sayuran masih terpantau stabil sejak awal puasa hingga saat ini. Menurut pengakuan beberapa pedagang sayuran yang ada di pasar tersebut menyebutkan tidak mengalami perubahan harga yang berarti.

Mentan Klaim Harga Bawang Putih Sudah Turun Jadi Rp 30 Ribu per Kg

Mentan Amran Sulaiman berdialog dengan petani bawang di Desa Cigentong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan bahwa dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh jajaran Kementerian Pertanian, harga bawang putih yang sempat menyetuh angka Rp 50 ribu per kilogram (Kg) mampu ditekan.

Amran mengaku telah melakukan pemantauan langsung ke pasar untuk memastikan harga bawang putih sudah turun sesuai target dalam tiga hari.  "Tadi saya datang ke pasar pagi. Sudah ada penurunan harga ya. Sesuai target Rp 30 ribu per kg dalam tiga hari," kata Amran, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, pada Rabu 8 Mei 2019.

Penurunan harga bawang putih merupakan hasil yang luar biasa. Pemerintah pun terus melakukan penambahan stok untuk menstabilkan harga bawang putih pada kisaran Rp 30 ribu per Kg. 

"Hari ini kami gelontorkan dan harga kemarin itu sampai Rp 50 ribu per kg turun menjadi Rp 34 ribu per kg. Itu turun luar biasa, jadi kalimatnya sudah turun," tuturnya.

Amran mengungkapkan, Kementerian Pertanian sudah menggelontorkan 115 ribu ton bawang putih Untuk membuat stok stabil. Untuk luar wilayah Jakarta, telah didaftarkan bawang putih sebanyak 145 ribu ton.

"Saya pastikan pemerintah gelontorkan terus. karena kami datangkan 115 ribu ton. Luar Jakarta kami kirim. ini langsung dari Medan ada 145 ribu ton masuk. langsung menyebar gerakannya ini masif," paparnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apex Legends Bakal Sambangi Perangkat Mobile

Posted: 09 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apex Legends tak dimungkiri telah menjadi salah satu gim bergenre battle royale yang sukses untuk platform PC dan konsol. Menyusul kesuksesan tersebut, EA dilaporkan ternyata ingin membawanya ke perangkat mobile.

Informasi ini pertama kali diketahui dari laporan keuanganan tahunan beberapa waktu lalu. Dikutip dari Polygon, Jumat (10/5/2019), EA tidak hanya berencana membawa gim ke mobile, tapi juga pasar Tiongkok.

"Kami sedang dalam tahap negosiasi tingkat lanjut untuk membawa Apex Legends ke Tiongkok dan mobile, kami akan memberikan informasi lebih lanjut usai negosiasi selesai," tulis EA dalam laporannya.

Melalui laporan itu pula diketahui Apex Legends merupakan salah satu produk yang berhasil membawa nilai positif bagi EA.

Menurut publisher asal Amerika Serikat tersebut, Apex Legends dengan mudah menjadi franchise dengan pertumbuhan paling cepat untuk perusahaan.

Oleh sebab itu, EA berencana untuk membangun layanan yang lebih baik untuk para pemain. Kendati demikian, Respawn Entertainment selaku pengembang masih enggan berbicara mengenai update yang akan digulirkan.

Keputusan untuk membawa Apex Legends ke perangkat mobile memang tidak mengagetkan. Sebab, sejumlah gim battle royale lain kini mulai merambah perangkat mobile dan menuai kesuksesan, seperti PUBG dan Fortnite.

Oleh sebab itu, menarik untuk menunggu langkah EA dalam memboyong Apex Legends ke perangkat mobile. Terlebih, Respawn sendiri telah berhasil mengadopsi gim dari franchise Titanfall ke perangkat mobile.

Kian Populer, Apex Legends Siap Dipertandingkan untuk Esports

Apex Legends. (Doc: EA)

Kepopuleran Apex Legends harus diakui tengah meroket. Berdasarkan laporan terakhir, sudah ada 50 juta pemain yang mendaftar gim ini di bulan pertama kehadirannya.

Menyusul kepopulerannya, dikutip dari The Verge, Selasa (12/3/2019), gim ini dilaporkan siap menjangkau ranah esports. Alasannya, sejumlah tim esports dilaporkan sudah membentuk tim Apex Legends.

Beberapa tim diketahui sudah membentuk tim Apex Legends adalah TSM, 100 Thieves, Gen.G, dan NRG. Hal lain yang mengagetkan adalah ada divisi dari Team Liquid yang beralih dari Call of Duty ke Apex Legends.

Keputusan untuk pindah ke Apex Legends, menurut Team Liquid, disebakan tidak adanya kompetisi Call of Duty: Blackout yang digelar.

Perlu diketahui, kebanyakan tim yang beralih ke Apex Legends memang berasal dari gim lain.

Sekadar informasi, Respawn selaku pengembang Apex Legends memang pernah mengungkapkan rencananya untuk mendukung gim ini sebagai esports. Kendati demikian, tidak banyak informasi detail terkait hal tersebut.

Meski belum detail, pertumbuhan Apex Legends sebagai gim yang masuk dalam kategori esports memang tidak dapat lepas dari peran pengembang dan kompetisi yang digelar.

Alasannya seperti Fortnite, gim ini sebelumnya tidak memiliki pemain profesional, tapi dengan adanya kompetisi resmi, pemain pro untuk gim ini mulai bermunculan.

Dalam Sebulan, Apex Legends Kantongi 50 Juta Pemain

Apex Legends. (Doc: Digital Trends)

Apex Legends harus diakui tengan menjadi salah satu gim yang menjadi sorotan pada tahun ini. Bagaimana tidak, dalam sebulan setelah perilisanya, gim battle royale ini sudah mengantongi 50 juta pemain!

Informasi ini, seperti dikutip Ubergizmo pada Rabu (6/3/2019), disampaikan akun Twitter resmi Apex Legend.

"Kami sangat terkesima dengan dukungan kalian dan tidak sabar ingin memperlihatkan apa yang kami persiapkan berikutnya," ujar Respawn Entertainment selaku pengembang Apex Legends.

Seperti diketahui, Apex Legends resmi diluncurkan EA pada 4 Februari 2019 untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

Jika momentum ini terus bertahan, bisa jadi Apex Legends akan menjadi rival Fortnite.

Gim yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment tersebut juga menjadi populer di kalangan streamer Twitch yang paling banyak ditonton.

Setelah sukses dengan seri Titanfall, memang tampaknya Respawn Entertainment peruntungan beradu ke gim battle royale yang sedang naik daun belakangan ini.

CEO Respawn Entertainment, Vince Zampella mengatakan bahwa pencapaian ini benar-benar luar biasa.

"Kami telah melakukan serangkaian uji coba, perdebatan, dan akhirnya sampai pada titik di mana kami merasakan magic. Kami tahu akan berisiko mengambil franchise ke arah ini, gim free-to-play. Tapi kami jatuh cinta dengan Apex Legends dan ingin orang lain untuk memainkannya juga," kata Zampella.

Pencapaian ini pun merupakan kabar bagus bagi EA, karena penjualan mereka dari gim Battlefield V sebelumnya yang di luar ekspektasi.

Sekadar diketahui, awal pekan ini, sahamnya merosot karena kehilangan target pendapat untuk kuartal tersebut.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Melahirkan, Meghan Markle Langsung Disibukkan Proyek Keluarga

Posted: 09 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Keluarga Kerajaan Inggris saat ini tengah berbahagia atas kelahiran anak pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle yang bernama Archie Harrison Mountbatten-Windsor, di London's Private Portland Hospital, Senin (6/5/2019) lalu.

Namun, mereka tak terlalu larut dalam kebahagiaan. Malahan selepas melahirkan putranya, Meghan Markle bergabung dengan Pangeran Harry, Pangeran William, dan Kate Middleton untuk meluncurkan sebuah proyek bernama Shout, seperti dikabarkan People, Kamis (9/5/2019)

Diketahui, proyek tersebut merupakan bagian dari kerjasama dengan organisasi Crisis Text Line di Inggris. Proyek tersebut diketahui memberikan dukungan terhadap kesehatan mental secara gratis dan rahasia melalui pesan teks.

Kamis (9/5/2019), Pangeran William, kakak Pangeran Harry, merilis sebuah pesan video dalam rangka kerjasamanya dengan organisasi Crisis Text Line tersebut. Ia bersama Kate Middleton, Pangeran Harry, dan Meghan Markle memotivasi orang-orang seluruh Inggris untuk mendaftar sebagai relawan untuk Shout.

 

Berbahagia

Meghan Markle dan Pangeran Harry tampil pertama kali dengan buah hati. (Dominic Lipinski / POOL / AFP)

Pangeran William tentunya juga amat berbahagia dengan kehadiran anggota keluarga baru di Kerajaan Inggris. Ia dan istrinya, Kate Middleton, mengucapkan selamat untuk adiknya.

"Tentu kami sangat senang, dan sudah tidak sabar untuk mengunjunginya beberapa hari ke depan," ungkap Pangeran William dalam video yang diunggah oleh akun resmi Kensington Royal, Selasa (7/5/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Razia Hotel Mesum yang Beroperasi saat Ramadan

Posted: 09 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi merazia hotel mesum yang masih beroperasi. Operasi ini dilakukan guna menekan tindak asusila di bulan suci Ramadan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fenomena Dahsyat Ini Hampir Memusnahkan Manusia, Ada yang Terjadi di Indonesia

Posted: 09 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manusia merupakan makhluk paling pintar yang menguasai Bumi. Banyak perubahan yang dialami oleh bumi berkat campur tangan manusia. Berkat kepintaran yang dimilikinya, manusia mampu membuat kehidupan menjadi lebih baik juga dapat membuat kehidupan menjadi sengsara. Berbekal kecerdasan otak, manusia bisa membuat dunia ini seakan di surga dengan menciptakan perdamaian dan keamanan.

Sesuai bayangan tiap orang, kiamat telah diprediksi berupa hancurnya alam semesta dikarenakan beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan dengan sangat detail oleh siapapun, di mana manusia tak akan sanggup bertahan dan peradaban akan hilang. Banyak orang beranggapan bahwa hal ini karena umur bumi sudah tua.

Sungguh luar biasa Bumi kita dapat bertahan sampai sekarang ini setelah banyak campur tangan manusia dan bencana besar telah terjadi. Daripada kita melihat prediksi atau ramalan-ramalan tentang berakhirnya dunia, kita bisa belajar dari sejarah di mana dunia hampir berakhir dan manusia hampir musnah.

Berikut kejadian dahsyat yang hampir memusnahkan manusia di Bumi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2019).

1. Flu spanyol

Flu spanyol (sumber: cdv)

Flu Spanyol mulai menyebar pada bulan Januari 1918. Ini merupakan salah satu penyakit mematikan pada waktu itu, menyebar dengan sangat cepat ke seluruh dunia.

Penyakit ini mampu menginfeksi lebih dari sepertiga populasi dunia hanya dalam satu tahun. Kondisi perang pada saat itu memperparah keadaan. Sekitar 500 juta orang terinfeksi, 50 juta orang meninggal dunia karena penyakit mematikan ini.

2. Wabah Black Death

Wabah Balck Death ini pernah terjadi di Eropa dan beberapa negara di Asia pada abad ke 14. Penyebab utama wabah ini adalah karena masyarakat yang kurang sadar akan kebersihan ditambah lagi dengan jumlah tikus penyebar penyakit yang jumlahnya sangat banyak.

Para penderitanya akan mengalami sakit yang sangat parah ditambah bisul yang tumbuh di seluruh tubuh. Akibatnya sekitar 75 juta sampai 200 juta manusia telah meninggal karena penyakit ini.

3. Erupsi Tambora

Erupsi Tambora (sumber: Science photo library)

Gunung berapi Tambora berada di pulau Sumbawa di Indonesia. Gunung ini pernah meletus dengan sangat dahsyat pada 5 April 1815. Memuntahkan 36 mil kubik gas, debu dan batu. Erupsi gunung Tambora juga menciptakan tsunami yang telah memusnahkan 10.000 orang.

Sedimen dari letusan gunung berapi tersebut telah menutupi sebagian besar bumi, menyebabkan suhu menjadi lebih dingin hingga kelaparan selama berbulan-bulan. Sekitar 80.000 orang meninggal akibat kelaparan.

Erupsi ini juga menyebabkan suhu menjadi lebih rendah di bagian dunia lain. Akibatnya panen gagal dan kelaparan terjadi di Amerika Utara dan adanya wabah di seluruh daratan Eropa.

4. Peristiwa Carrington

Ilustrasi badai Matahari (NASA's Goddard Space Flight Center/Genna Duberstein).

Semburan matahari atau ledakan besar di atmosfer matahari terbesar terjadi di tahun 1859 dan melepaskan energi sebesar 10 milyar bom atom. Radiasi yang dihasilkan menyebabkan badai geomagnetik dan melumpuhkan semua peralatan listrik di bumi bahkan melelehkan hampir seluruh tiang listrik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andi Rianto Iringi Sejumlah Penyanyi Top dalam Lazada Simfoni Ramadan di SCTV

Posted: 09 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan tahun ini, SCTV menyuguhkan berbagai program spesial, salah satunya adalah Lazada Simfoni Ramadan. Konser yang dipandu oleh Andi Rianto dan Magenta Orchestra ini akan digelar di Balai Sarbini, Jakarta, Senin (13/5/2019) mendatang.

Dalam konser Lazada Simfoni Ramadan ini, Andi Rianto menggandeng sejumlah penyanyi papan atas Tanah Air untuk kolaborasi di atas panggung. Mereka adalah Rossa, Bunga Citra Lestari, Ebiet G Ade, Yovie Widianto, Virzha, Yura Yunita, dan lainnya.

Para penyanyi tersebut nantinya akan membawakan lagu-lagu religi dengan berbagai genre musik yang telah diaransemen dengan apik oleh Andi Rianto.

"Saya mengaransemen ulang dan memasukan unsur jazz, rock, pop, dan soul," ujar Andi Rianto dalam konfrensi pers di Rossi Musik, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (8/5/2019).

 

Berlatih

Bunga Citra Lestari dan Andi Rianto (Nurwahyunan/bintang.com)

Karena lagu yang akan dibawakan adalah hasil aransemen ulang, maka seluruh penyanyi yang terlibat dalam Lazada Simfoni Ramadan ini diharuskan untuk berlatih.

"Latihan penting, tapi kesehatan juga harus diutamakan. Jangan kurang tidur gara-gara puasa lalu badan sempoyongan serta muka kuyu, tapi mereka tetap berlatih," papar musikus bertangan dingin tersebut.

Lazada Simfoni Ramadan akan ditayangkan di SCTV dan juga bisa disaksikan secara streaming melalui aplikasi Lazada. Konser ini akan berlangsung selama dua jam. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aura Kasih Bersyukur Suaminya yang Mualaf Tak Rewel Saat Puasa

Posted: 09 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan tahun ini terasa sangat spesial bagi pasangan Aura Kasihdan Eryck Amaral. Setelah resmi menjadi suami istri, kali ini mereka bisa menjalani ibadah puasa bersama-sama.

Sebelum menikahi Aura Kasih, Eryck diketahui telah memeluk agama Islam. Menjalani ibadah puasa Ramadan pertama, tak ayal kalau Aura begitu antusias menyiapkan berbagai menu berbuka untuk sang suami.

Hal itu dapat diketahui lewat unggahan video di Instagram Aura Kasih. Meski tengah hamil besar, pelantun lagu Mari Bercinta itu tampak sigap mencampur dan mengolah bahan untuk membuat kue.

"Keisengan hari ini, karena bule @eryckama_ral lagi puasa kita bikinin brownies dan banana cake buat buka puasa," tulis Aura Kasih, seperti dilansir dari Instagram-nya.

Kendati ini jadi puasa pertamanya, Aura menyebut suaminya tak rewel atau banyak permintaan. Malah, Eryck sering memasak menu sahurnya sendiri lantaran Aura Kasih yang bangun kesiangan dan tak ikut berpuasa.

"Alhamdulillah senangnya lihat suami puasa pertama seumur hidupnya. Tadi jam 3 dia bangun masak sendiri, sahur ceritanya, hehe. Nggak bisa nemenin makan bumilnya molor hanya mencium bau-bau masakan aja di kamar. Alhamdulillah ya Allah," tulisnya.

Saat buka puasa, Aura tampak menyorot beberapa menu yang sudah dihidangkan di meja. Ia pun tampak bahagia melihat suaminya bisa melalui ibadah puasa dengan lancar.

Wah, manis banget ya Aura Kasih dan suaminya ini?

(Tyssa Madelina/Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Laporan Keuangan Garuda, BEI Bakal Bertemu Ikatan Akuntan

Posted: 09 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan bertemu dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) pada Jumat siang ini. Pertemuan tersebut untuk mendalami laporan keuangan (lapkeu) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) yang dinilai beberapa pihak janggal.

Seperti diketahui, sebelumnya manajemen Garuda Indonesia menyatakan bahwa laporan keuangan perseroan telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang ditetapkan.

Direktur Penilaian BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, otoritas bursa akan mendalami aturan PSAK 23 yang diklaim Garuda Indonesia menjadi dasar untuk mengakui pandapatan di laporan keuangan tahun buku 2018.

"Hari ini saya akan ketemu dengan ketua dewan standar untuk IAI, sebelumnya IAPI. Prosesnya tetap berjalan yang kita harapkan informasi kita guide semua dan pihak yang menaungi IAPI yang mengeluarkan standar PSAK 23, kita akan ketemu hari ini," terangnya di Gedung BEI, Jumat (10/5/2019).

Nyoman menambahkan, pihak BEI akan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait standar akuntasi keuangan yang diklaim manajemen Garuda Indonesia.

"Yang penting adalah bagaimana penguatan dari sisi standar itu sendiri. Karena kan rujukannya standar yang paling penting adalah intensi manajemen pada saat proses recognition pengakuan dari transaki ini," ujarnya.

"Yang ingin saya sampaikan ke teman-teman, proses pendalaman masih jalan," tambah dia.

OJK Masih Bedah Laporan Keuangan Garuda

Ilustrasi profit/laporan keuangan. (Foto: Shutterstock)

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku tengah mendalami laporan keuangan maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA). Saat ini OJK telah mengumpulkan informasi secara lengkap untuk dapat meneliti lebih jauh terkait persoalan laporan manajemen Garuda tersebut.

"Kita masih pelajari, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Belum ada kesimpulannya," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen, kepada wartawan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, pada Kamis 9 Mei 2019. 

Hoesen mengatakan pihaknya juga telah bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk menjadi penengah dalam kisruh laporan keuangan Garuda. Seluruh informasi yang berkaitan dengan perseroan, laporan keterbukaan di BEI, serta public expose akan dipelajari untuk mengetahui dengan jelas kondisi perseroan. 

Lebih lanjut, Hoesen menyatakan penyelesaian akhir dari masalah tersebut bukan dengan proses audit ulang yang dilakukan oleh OJK. Menurutnya OJK dapat meminta pihak lain untuk melakukan audit. 

"Fungsi OJK itu ada dua. Untuk yang prudensial dan non-prudensial. Prudensial ya untuk semua pihak yang mendapat izin dari OJK. Tapi, kalau non prudensial seperti izin usaha semacam Garuda, itu dia diperlakukan sebagai emiten," ujarnya. 

Seperti diberitakan, laporan ini menjadi janggal lantaran kontrak kerja sama antara Mahata dengan Garuda Indonesia selama 15 tahun senilai USD 241 juta dibukukan sebagai pendapatan Garuda dalam laporan keuangan 2018. Padahal manajemen Garuda sendiri belum menerima pembayaran dari Mahata, sehingga berujung pada penolakan terhadap dua komisarisnya.

Harus Melibatkan Publik

Tujuan Laporan Keuangan (sumber: Pexels)

Sementara itu, ditemui ditempat yang sama Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Mardiasmo, mengatakan untuk mengatasi persoalan laporan Garuda, pihaknya akan mengundang Dewan Standar Akuntansi Keuangan untuk membahas masalah tersebut. 

"Saya sebagai Ketua DPN IAI akan mengudang untuk rapat bersama Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Itu kan ada alurnya, baru kita mendalami transaksi secara detail," ujar Mardiasmo.

Mardiasmo yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan ini menambahkan, penanganan masalah yang tengah mencuat saat ini juga harus melibatkan kantor akuntan publik yang digunakan oleh perseroan. Sementara proses pembuatan dan audit laporan keuangan Garuda sendiri akan menjadi fokus DPN IAI.

Sebelumnya, Direktur Keuangan Garuda Indonesia, Fuad Rizal menuturkan, apa yang sudah dilakukan perusahaan telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Dia pun yakin piutang perseroan dapat diselesaikan oleh Garuda Indonesia ke depannya."Yang sudah kita lakukan itu sesuai dengan PSAK. Piutang kita yakin bisa diselesaikan. Meski Mahata Group masih startup company, tapi mereka punya bisnis model yang bagus," terangnya di Tangerang, Rabu (8/5/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantau Kondisi Rumah Tangga di DKI, Anies Baswedan Kerahkan 70 Ribu Anggota PKK

Posted: 09 May 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara penyerahan kartu Dasa Wisma Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Kartu tersebut diserahkan kepada 70.900 anggota PKK di Jakarta. Mereka diberi tugas untuk menyensus tiap-tiap keluarga di DKI Jakarta.

"Jumlahnya 70.900 orang lebih, mereka ada di tiap RT RW. Mereka tahu persis kondisi tiap-tiap keluarga," kata Anies Baswedan, Jumat (10/5/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, mereka mendapatkan tugas untuk melakukan sensus mengenai kondisi setiap rumah tangga. Sehingga pihaknya memiliki informasi lengkap mulai dari data kesehatan, kondisi rumah hingga lingkungan tempat tinggal sesuai dengan keadaan yang ada.

"Nantinya kita akan punya informasi lengkap sampai misalnya rumah tangga mana saja yang tidak punya MCK. Sampai siapa saja kondisinya yang sedang mengandung dan lain-lain," papar Anies Baswedan.

Karena itu, Anies mengharapkan nantinya program dari berbagai Dinas di Pemprov DKI Jakarta yang terfokus pada keluarga dapat bekerjasama dengan PKK.

"PKK yang langsung bergerak ke masyarakat. Dengan begitu masyarakat pun memiliki orang-orang yang menjadi rujukan yaitu dasa wisma PKK, pelaksanaan program menjadi lebih sinkron," ujar Anies.

Diupah Rp 250 Ribu

Selain itu, Anies menyebut setiap petugas akan menerima uang operasionalnya setiap tiga bulan sekali dengan besaran setiap bulan Rp 250 ribu.

"Selama ini PKK bekerja dengan uang sendiri, bayar pulsa, menyiapkan dokumen, rapat, pertemuan, itu dari kantong sendiri. Sekarang pemerintah yang menyiapkan uangnya," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Aturan Pemberian Gelar Keluarga Kerajaan Inggris

Posted: 09 May 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama berabad-abad, anggota keluarga Kerajaan Inggris telah menerima gelar demi gelar saat kejadian bersejarah. Tapi, torehan tersebut nyatanya tak jadi satu-satunya alasan untuk memberi gelar pada seorang anggota keluarga kerajaan.

Dilansir dari Cheat Sheet, Jumat (10/5/2019), berdasarkan aturan pemberian gelar kerajaan, ratu bisa memberi ranking pada anggota keluarganya. Berikut regulasi dan gelar apa saja yang bisa diberikan sang ratu.

Ketika berbicara tentang memberi gelar kerajaan, ratu bisa melakukan segala hal yang dikendaki. Gelar ini bisa diberikan pada siapapun yang ia inginkan dan berhak menyematkan gelar apapun pada orang tersebut.

Walau demikian, Ratu Elizabeth II diketahui sangat menghormati tradisi dalam memberi gelar kerajaan. Ia akan benar-benar cermat melihat keadaan dan berkaca pada keputusan para penguasa terdahulu.

Dukedom adalah gelar Kerajaan Inggris tertinggi dengan posisi langsung di bawah penguasa saat itu. Secara tradisional, gelar ini diberikan pada anak lelaki dan cucu lelaki penguasa saat menikah atau mengalami kejadian luar biasa yang, seperti biasa, menyertakan sebuah lokasi di bawah kuasa kerajaan.

Lalu, istri-istri tak mengambil nama belakang suami mereka, melainkan gelar kerajaan. Jadi, jika seseorang adalah duke, istrinya akan jadi duchess. Begitu juga dengan anak-anak mereka yang akan mengikuti gelar kerajaan sang ayah. Misal, secara teknis, Pangeran George bergelar Prince George of Cambridge.

Penguasa tak menyimpan gelar dukedom mereka. Setelah naik tahkta, seperti Pangeran Charles dan Pangeran William di masa mendatang, mereka akan dikenal dengan His Majesty dan gelar dukedom bakal diberikan pada suksesor mereka.

Kemudian, ada gelar-gelar tertentu yang hanya diberikan pada pewaris takhta. Misal, Prince of Wales hanya bisa diberikan pada pewaris takhta Wales. Anak lelaki dan perempuan penguasa juga memiliki kualifikasi untuk mendapatkan gelar-gelar khusus berdasarkan aturan Kerajaan Inggris.

Menikah dengan Pangeran Tak Bikin Seseorang Jadi Putri

Meghan Markle, Pangeran Harry, dan Ratu Elizabeth (Foto: John Stillwell / POOL / AFP)

Berdasarkan aturan resmi, gelar putri akan diberikan pada mereka yang memiliki pertalian darah dengan penguasa. Tapi, ada beberapa pengecualian, termasuk saat menikah dengan Prince of Wales.

Di lingkungan keluarga Kerajaan Inggris, reputasi sangat penting, terutama ketika menamai bayi keluarga kerajaan atau memiliki gelar resmi. Ratu sangat tak suka anggota keluarganya mengemban gelar tertentu dengan reputasi buruk.

Ratu Elizabeth bisa memberi gelar kerajaan apapun, termasuk duke dan duchess, baron dan baroness, viscount dan viscountess, atau earl dan countess. Setiap penentuannya dilaporkan selalu diputuskan ratu dengan petimbangan panjang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Jangan Terlalu Berlebihan Mencintai Dunia

Posted: 09 May 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Mutiara Hati SCTV, cendekiawan muslim sekaligus pendiri Pusat Studi Alquran, Quraish Shihab mengambil tema sumber segala musibah.

Sumber musibah salah satunya adalah kebodohan. Sementara, sumber dosa salah satunya cinta yang berlebihan.

Allah menganugerahi naluri mencintai dunia dan akhirat. Saat keduanya dihadapkan untuk dipilih, maka yang dipilih itulah yang lebih dicintai.

Siapa yang memenuhi hatinya dengan rasa butuh yang terus bertambah dan bekerja sambil berlari mengejar dunia tanpa henti, mereka adalah yang terlalu berlebihan dalam cintanya pada dunia.

Pandanglah ke masa depan yang jauh. Pilihlah akhirat dan yakinlah bahwa dunia akan mengikuti kita sebagaimana bayangan mengikuti kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemana Larinya Limbah Mobil Hybrid Toyota?

Posted: 09 May 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu permasalahan yang banyak disorot terkait mobil hybrid dan listrik ialah limbah baterai yang digunakan. Memiliki masa pakai, pengolahan baterai kendaraan menjadi salah satu hal yang harus dipikirkan pabrikan otomotif di Tanah Air.

Isu limbah baterai kendaraan semakin mencuat kala pemerintah Indonesia merangkum aturan terkait program kendaraan emisi rendah atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

Menanggapi hal tersebut, Anton Jimmi Suwandi selaku Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor mengatakan, pihaknya masih terus melakukan studi terkait pengolah limbah baterai kendaraan ramah lingkungan.

"Sekarang jumlah belum begitu banyak jadi sebagian besar ada yang kita pakai lagi di dealer kita atau di TAM sendiri. Karena selnya bisa dipindahin ke satu pack baterai yang baru," kata Anton di Senayan, Jakarta.

Studi Baterai

Anton juga menegaskan studi yang dilakukan pihak TAM saat ini hanya untuk internal, bukan untuk komersial.

"Buat internal kita saja bukan buat komersial. Jadi di luar negeri memang ada dua cara, satu dibuang, ada perusahaan yang menampung. Lalu kedua di-recycle. Itu sel nya yang masih bagus di pindahkan lalu dijadikan pack baterai yang baru lagi," ujar Anton.

Saat ditanya lebih jauh sistem apa yang akan diterapkan TAM di Indonesia terkait pengolahan limbah baterai kendaraan, Anton menegaskan saat ini pihaknya masih mempelajari keduanya.

"Tergantung nantinya bagaimana. Tapi tentunya kedua pilihan itu harus kita pelajari," tuturnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahli: Otak Para Pemain Gim Pokemon Beda dari Orang Biasa

Posted: 09 May 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan bermain gim Pokemon, mungkin memiliki otak yang sedikit berbeda.

Para peneliti dari UC Berkley dan Stanford menemukan bahwa mereka yang memainkan cukup banyak video gim Pokemon di masa kecil, telah mengembangkan wilayah otak yang berisi pemicu memori untuk karakter-karakter Pokemon. Hasil penelitian tersebut diterbitkan di Nature awal pekan ini.

Penelitian tersebu melibatkan 11 pemain Pokemon "berpengalaman" serta 11 pemain "pemula." Grup yang ditandai sebagai berpengalaman adalah mereka yang mulai bermain gim Pokemon sekitar usia 508 tahun, berhenti, kemudian kembali bermain ketika dewasa.

Ilustrasi Pokemon Bulbasaur (Sumber: pokemon.fandom.com)

Sementara anggota dari kelompok pemula adalah mereka yang baru diperkenalkan dengan gim Pokemon setelah populer baru-baru ini. Kedua kelompok tersebut menjadi sasaran pemindaian MRI sambil diberi tes gambar-gambar karakter Pokemon yang dicampur dengan gambar binatang lainnya.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Jesse Gomez, mengamati bagian otak yang disebut sulkus occipitotemporal pada pemain berpengalaman ketika mereka diminta untuk merespons gambar karakter Pokemon. Sementara itu, pada mereka golongan pemula, tidak menunjukkan reaksi terhadap foto-foto tersebut.

"Kami menemukan perbedaan besar antara orang-orang yang memainkan Pokemon di masa kecil mereka dibanding dengan yang tidak," kata Gomez seperti dikutip dari Nextshark.com.

 

Memori karakter Pokemon yang muncul kembali

Tampilan gim Let's Go Pikachu di Nintendo Switch (sumber: nintendo everything)

Lebih jauh, ia melanjutkan bahwa para pemain Pokemon berpengalaman tidak hanya mengembangkan representasi otak yang unik untuk Pokemon dalam korteks visual. Tapi juga bahwa lokasi respons terhadap karakter-karakter Pokemon tersebut di otak, terjadi secara konsisten di antara mereka.

Berdasarkan temuan, paparan berulang dari suatu objek dapat meninggalkan jejak memori yang langgeng di otak manusia. Namun, jalur ini bergantung pada pemicu untuk muncul kembali.

Dalam penelitian tersebut, pemicu yang digunakan adalah permainan Pokemon di Nintendo Game Boy. Menariknya, penelitian tersebut berangkat dari pengalaman Gomez sendiri.

"Saya menghabiskan waktu bermain Pokemon sebanyak waktu saya membaca dan lainnya. Setidaknya itu saya lakukan selama beberapa tahun ketika saya berusia enam dan tujuh tahun," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Demo Kivlan Zen Cs, 8.492 Polisi Amankan KPU dan Bawaslu

Posted: 09 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengantisipasi massa Kivlan Zen dan Eggi Sudjana yang akan kembali melakukan demo di kantor KPU dan Bawaslu, Jakarta Pusat. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan menyebut, pihaknya sudah siap mengamankan dua tempat itu.

"Prinsipnya kita hari ini menyiapkan pasukan pengamanan di wilayah KPU Bawaslu dan obvit lain," kata Harry, Jumat (10/5/2019).

Aparat yang dikerahkan sebanyak 8.492 di KPU dan Bawaslu. Harry mengaku sudah menerima Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari Polda Metro Jaya terkait demo.

"Gabungan 8.942 personel di dua titik KPU Bawaslu. Prinsipnya kita sudah siap karena memang ada STTP yang dikeluarkan dari PMJ," terang Harry.

Personel juga disebar ke kawasan Masjid Istiqlal. Namun, jumlahnya lebih sedikit ketimbang KPU dan Bawaslu. Pihaknya siap mengamankan wilayah Jakarta Pusat.

"Kalau Istiqlal kan bercampur antara massa dan masyarakat salat jadi pengamanan rutin saja yang untuk pengamanan salat Jumat," tandas Harry.

Sebelumnya gabungan Elemen Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran (Gerak) demo di depan Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat pada Kamis 10 Mei 2019.

Aksi yang diinisiatori oleh Mayjen Purnawirawan Kivlan Zen, Letjen Purnawirawan Syarwan Hamid, Eggi Sudjana, dan Permadi itu menuntut penyelenggara pemilu mendiskualifikasi paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Mau ngomong laporan dong ke Bawaslu, kenapa Anda enggak lakukan diskualifikasi atau menegur. Enggak diizinkan polisi, enggak boleh masuk. Masak harus berantem sama polisi, enggak mau saya," ujar Eggi selaku lawyer Kivlan Zen di depan Gedung Bawaslu.

Karena itu, Eggi dan massa berencana melakukan aksi kembali pada Jumat 10 Mei 2019. Rencananya, aksi dengan membawa sejumlah bukti dugaan kecurangan pemilu itu akan dilakukan di Bawaslu dan KPU.

Respons KPU

Sementara itu, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, demo tersebut akan mengganggu jalannya rapat pleno rekapitulasi surat suara. Hal itu juga dirasakan saat unjuk rasa terjadi di depan Gedung KPU beberapa waktu sebelumnya.

"Kemarin sudah sebenarnya (ada demo). Tidak mengganggu sih, tapi sangat mengganggu. Sekarang bayangkan ya, kita ngomong begitu, kita mendengarkan konsentrasi, yang di luar juga ngomong. Apalagi kemarin ada dua (demo), langsung saut-sautan. Jadi ada 3 orang berbicara, yang di sini (rekapitulasi) sama di jalanan ada dua pihak," ujar Wahyu di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

"Kita akan terganggu lagi berarti seperti kemarin," sambungnya.

Meskipun aksi unjuk rasa tersebut konstitusional. Namun demo tersebut sungguh sangat mengganggu KPU dalam melakukan rekapitulasi surat suara luar negeri.

"Ya kalau kebebasan mengeluarkan pendapatnya sih boleh-boleh saja, tetapi kebebasan mereka mengganggu kami. Ya kan seperti Anda nyetel radio terlalu kenceng, ya emang radio Anda tapi kan saya (merasa) berisik," ucap Wahyu.

Memang aksi unjuk rasa tersebut tidak akan menghentikan proses rekapitulasi suara. Namun tentu penyampaian pendapat dengan menggunakan pengeras suara itu akan mengganggu konsentrasi petugas yang menghitung hasil Pemilu 2019.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Drama Susahnya Cari Bahan Obrolan ala Netizen, Kamu Pernah Ngalamin?

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu termasuk orang yang senang mengobrol, tentu saja berbicara dengan sesama orang yang gemar mengobrol akan menyenangkan. Apalagi bila bahan obrolan antara kamu dan lawan bicara sepemahaman. Tentu kamu tak akan kebingungan untuk menjalin komunikasi.

Akan tetapi jika obrolanmu sudah mencapai titik puncak, tentu kamu membutuhkan bahan obrolan baru. Apalagi jika kamu sedang dalam masa pendekatan.

Namun menemukan sebuah topik pembicaraan atau bahan obrolan tak mudah. Bahkan bisa jadi kamu dan lawan bicaramu akan mengalami perasaan aneh dan juga hening. Selain itu, memulai kembali obrolan pun akan terasa berbeda.

Salah satu netizen pun mengunggah mengenai sulitnya mencari bahan obrolan. Bahkan karena sudah kehabisan topik, pertanyaan yang kurang penting justru muncul untuk pengalihan pembicaraan. Diunggah oleh akun Twitter @intanorii ia mengunggah tangkapan layar obrolan mengenai topik yang kurang pas karena kehabisan bahan obrolan.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari akun @intanorii beberapa drama netizen saat susahnya mencari bahan obrolan, Jumat (10/5/2019).

1. Ini susahnya membangun obrolan agar tidak bingung

Susahnya cari topik obrolan (Sumber: Twitter/intanorii)

2. Duh ini yang dimodusin kurang peka nih

Susahnya cari topik obrolan (Sumber: Twitter/susahbuatapasu)

3. Benar-benar sudah bingung kayaknya nih

Susahnya cari topik obrolan (Sumber: Twitter/irfanades95)

4. Malah kayak lagi diwawancarai ya ini?

Susahnya cari topik obrolan (Sumber: Twitter/irfanades95)

5. Kalau sudah begini cukup berat nih

Susahnya cari topik obrolan (Sumber: Twitter/liujings)

6. Pernah ngerasain hal yang sama juga?

Susahnya cari topik obrolan (Sumber: Twitter/BegoKaget)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Tadarus Pakai Alquran Raksasa di Banyuwangi

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi - Ada pemandangan unik di Masjid Agung Baiturahman, Banyuwangi, tiap Ramadan. Tadarus di masjid itu menggunakan alquran raksasa berukuran 2 x 1,5 meter. Beratnya bahkan mencapai 4 kuintal.

"Tadarus dengan Alquran raksasa ini sejak Ramadan tahun 2011. Sudah sekitar 8 tahun setiap Ramadan. Sampai saat ini Alhamdulillah masih eksis," kata Sekretaris Yayasan Masjid Agung Baiturahman, Banyuwangi, Iwan Azis Siswanto, Kamis (9/5/2019).

Karena ukurannya yang besar, pembaca alquran raksasa ini dibentuk semacam tim khusus tadarusan dengan seorang koordinator. Biasanya tim pembaca alquran berjumlah 7 orang setiap malam.

Selain tim pembaca alquran, ada dua orang yang khusus bertugas untuk membuka lembaran alquran raksasa. Sehingga, pembaca alquran tidak perlu membuka lembaran alquran.

"Insyaallah tadarus dengan Alquran raksasa ini akan terus kita laksanakan sampai malam 27 Ramadan. Setiap malam kita membaca 2 sampai 3 juz. Sampai malam 27 Ramadan bisa khatam sampai 3 kali," terangnya.

Alquran raksasa ini sudah berada di Masjid Agung Baiturahman sejak Ramadan 2011. Tepatnya malam ke-27. Alquran berukuran jumbo ini merupakan hibah dari H Abdul Karim, warga Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Dia merupakan penulis Alquran tersebut.

"Ditulis selama 6 bulan lebih. Alquran ini merupakan tulisan tangan dengan memakai tinta dan kertas khusus yang didatangkan dari Jepang. Memang H. Abdul Karim nazar akan menyumbangkan Alquran ini ke Masjid Baiturahman," ungkapnya.

 

Rutin Tiap Ramadan

Alquran Raksasa di Banyuwangi (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Alquran raksasa ini hanya dibaca pada bulan Ramadan yakni usai salat tarawih hingga pukul 22.00 WIB. Namun tidak menutup kemungkinan momentum kegiatan yang lain juga dibaca seperti pada acara sya'banan.

Agar tetap terjaga dengan baik, alquran raksasa ini dirawat dan dibersihkan secara berkala. Sehingga kondisi tulisan dan warnanya tetap bagus sampai hari ini.

Koordinator tim Semaan alquran raksasa, Ahmad Rifai menyatakan, kalau membaca alquran kecil sudah biasa, tapi kalau alquran raksasa luar biasa.

Jika belum terbiasa membaca alquran raksasa ini menurutnya akan terbata-bata saat membacanya.

"Kalau sudah terbiasa Insyaallah jalan sendiri. Karena ukuran alqurannya besar semakin semangat. Karena membacanya setahun sekali," ungkapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Rincian Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mudik menjadi momen paling dinanti masyarakat  Indonesia saat Lebaran. Pemerintah pun sudah jauhg-jauh hari mengambil langkah persiapan menghadapi mudik, salah satunya dengan membangun sarana infrastruktur jalan tol.

Salah satunya jalan tol Trans Jawa sepanjang 965 kilometer (km) yang siap digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini. Panjang jalan ini sekitar 82,6 persen dari total panjang tol yang mencapai 1.167 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya mengaku berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan.

"Pada arus mudik 2019, pemudik mayoritas masih menggunakan moda jalan sebagai pilihan," ujar dia di Jakarta.

Kementerian PUPR melalui Badan Pengaturan Jalan Tol ‎(BPJT) juga telah menetapkan tarif tol Trans Jawa yang beroperasi secara komersil.

Berikut daftar tarif tol Trans Jawa 2019, khususnya untuk kendaraan golongan I:

Merak-Probolinggo

1. Merak-Probolinggo Rp 775.500

2. Merak-Cirebon (via GT Kanci) Rp 192.000

3. Merak-Cirebon (via GT Palimanan) Rp 180.000

4. Merak-Semarang Rp 397.500

5. Merak-Solo Rp 474.500

6. Merak-Surabaya Rp 723.500

7. Merak-Pasuruan (Grati) Rp 775.500

 

Ruas Tol Lain

Lima ruas bagian dari Tol Trans Jawa yang dikerjakan oleh Jasa Marga dan Waskita Karya siap diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Dok Kementerian BUMN)

Jakarta-Probolinggo

1. Jakarta-Probolinggo Rp 727.500

2. Jakarta-Cirebon (via GT Kanci) Rp 144.000

3. Jakarta-Cirebon (via GT Palimanan) Rp 132.000

4. Jakarta-Semarang Rp 349.500

5. Jakarta-Solo Rp 426.500

6. Jakarta-Surabaya Rp 675.500

7. Jakarta-Pasuruan (Grati) Rp 727.500

8. Jakarta-Merak (via JORR) Rp 63.000

Probolinggo-Merak

1. Probolinggo-Merak Rp 775.500

2. Probolinggo-Surabaya Rp 52.000

3. Probolinggo-Solo Rp 301.000

4. Probolinggo-Semarang Rp 383.000

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Jadwal Tukar Uang Tunai untuk Lebaran di Yogyakarta

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Bank Indonesia sudah menyiapkan uang kartal perbankan di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri pada tahun ini sebesar Rp 5,6 triliun. Ketersediaan uang ini meningkat 7,6 persen dari jumlah tahun lalu, yakni Rp 5,2 triliun.

"Masyarakat tidak perlu khawatir soal ketersediaan uang tunai selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2019," ujar Direktur Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan dalam Buka Bersama Media di Gedung Heritage BI Yogyakarta, Rabu 8 Mei 2019.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap Uang Pecahan Kecil (UPK) selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2019, BI Yogyakarta bekerja sama dengan  perbankan membuka loket penukaran untuk wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya sebanyak 92 titik. Loket penukaran perbankan tersebar di empat kabupaten dan kota di wilayah DIY sebanyak 86 loket.

"Loket penukaran uang lebaran di perbankan ini jumlahnya juga meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 40 loket," ucapnya.

Penukaran mulai dibuka pada 13 sampai 29 Mei 2019 dengan waktu operasional mulai pukul 09.00 hingga 13.00 WIB.

Selain pembukaan loket-loket penukaran oleh perbankan Yogyakarta, layanan kas keliling Bank Indonesia juga akan melayani penukaran di 12 dua belas tempat strategis sejumlah instansi dan pasar-pasar tradisional. Penukar dapat melakukan penukaran uang sebanyak Rp3,8 juta per orang.

BI Yogyakarta juga akan melayani penukaran kas mobil bersama (drivethru) yang diikuti sembilan bank, yakni BNI, Mandiri, BRI, Permata, BPD DIY, BSM, BRI Syariah, BTN, dan CIMB Niaga secara bergantian di Balai Kota Yogyakarta dan parkir timur Jalan Panembahan Senopati (samping) gedung BI Yogyakarta.

"Kegiatan penukaran di Balai Kota Yogyakarta akan dirangkai dengan kegiatan sosialisasi Ciri Keaslian Uang dan Menjaga Perlakuan Uang dengan Baik," kata Hilman.

 

Jadwal Layanan Kas Keliling

BI Yogyakarta bekerja sama dengan  perbankan membuka loket penukaran untuk wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya sebanyak 92 titik. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Jadwal layanan kas keliling wilayah DIY selama bulan Ramadan dimulai pada 13 Mei 2019. Berikut rincian lokasi penukaran uang yang bisa didatangi oleh masyarakat.

13 Mei Pasar Bantul

14 Mei Pasar Imogiri Bantul 

15 Mei Kepatihan 

16 Mei Polda DIY dan Balai Kota Yogyakarta

17 Mei Pasar Beringharjo dan Balai Kota Yogyakarta

20 Mei Pasar Wates dan Balai Kota Yogyakarta

21 Mei Pasar Tempel dan Balai Kota Yogyakarta

22 Mei Pemda Bantul dan Balai Kota Yogyakarta

23 Mei Brimob Baciro dan Balai Kota Yogyakarta

24 Mei Pasar Lempuyangan dan Balai Kota Yogyakarta

27 Mei Stasiun Tugu dan parkir timur Jalan Panembahan Senopati

28 Mei Terminal Giwangan dan parkir timur Jalan Panembahan Senopati

29 Mei Terminal Giwangan dan parkir timur Jalan Panembahan Senopati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airport Digital Lounge Kini Hadir di Terminal I Bandara Soetta

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II mengoperasikan Airport Digital Lounge (Dilo) di Terminal I Bandara Soekarno Hatta Jelang arus mudik Lebaran 2019.

Dilo terletak di samping pintu masuk Terminal 1B dan berdampingan dengan area Costumer Service Lion Air yang memudahkan calon penumpang atau pengantar, untuk menggunakan semua fasilitas di area Terminal I.

"Kami juga mencoba menghadirkan bukan sekedar ikut-ikutan mendigitalkan bandara, tapi membuat nyaman para costumer atau pengunjung Bandara Soetta dengan berbagai fasilitas di digital di rumah, bisa didapat di Airport Dilo ini," ujar Presiden Direktur PT AP II, Muhammad Awaluddin.

Dari pantauan Liputan6.com, saat masuk ke Terminal I, si robot imut Dilo langsung menyambut pengunjung yang akan menggunakan segala macam fasilitas digital yang ada di dalamnya.

Bukan hanya keramahan si imut Dilo, adapula si cantik Tasya, sang virtual assistent yang siap melayani konsumen yang ingin mencari segala informasi terkait penerbangan ataupun fasilitas lain di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Selain menyediakan Virtual Assistent, area tersebut juga dilengkapi berbagai informasi terkait penerbangan yang bisa diakses sendiri di dalamnya. Kemudian, adapula penyewaan power bank, charger gadget, area games yang dilengkapi wifi, penyediaan berbagai isi ulang berbasis cashless, serta fasilitas digital lainnya.

 

Pusat Informasi

Airport Digital Lounge terletak di samping pintu masuk Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta. Liputan6.com/Pramita

Dengan kemudahan mengakses segala informasi di Bandara Internasional Soetta, Awaluddin menyebut Airport Digital Lounge merupakan layanan digital yang disiapkan sebagai pusat informasi.

"Airport Digital Lounge merupakan pusat layanan terintegrasi dari Angkasa Pura II yang memadukan kemudahan layanan informasi bandara dengan teknologi digital terkini," katanya.

Fasilitas ini pun bukan pertama kali ada di bandara tersebut, sebelumnya juga sudah ada di Terminal 2 dan Terminal 3, dengan berbagai Airport Dilo yang mengusung tema berbeda. Namun tetap, memberikan fasilitas digital yang menyesuaikan kebutuhan penumpangnya.

Selain memasuki musim Arus Mudik Lebaran 2019, Awaluddin mengaku, kehadiran Airport Dilo ini memang bagian dari program 'Millenial Traveller Experience'. Adapun mayoritas pengguna Airport Dilo ini dari kalangan milenial yang memang gemar berpergian.

"Makanya, di setahun terakhir ini, kami memberi porsi lebih atau perhatian lebih kepada generasi milenial tanpa mengenyampingkan kalangan penumpang lain, untuk terus menambah fasilitas yang ada di Bandara Soekarno Hatta," kata Awaluddin. 

AP II Buka Halal Park di Terminal 3 Bandara Soetta Selama Ramadan

Selama Ramadan, PT Angkasa Pura II (Persero) membangun Halal Park di Plaza Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Halal Park Tahap I akan mulai dibuka pada akhir Mei 2019 di Plaza Terminal 3 dengan menghadirkan 40 tenant dari berbagai bidang usaha.

Antara lain F&B, ritel, fashion, beauty, perbankan BUMN, perbankan syariah, UMKM, Pegadaian, berbasis Zakat, hingga co-working space dan lain sebagainya.

Nantinya Halal Park ini total akan memiliki 120 tenant yang berdiri di atas lahan seluas 8.000 meter persegi. 

Selain itu, AP II juga membagikan ribuan boks berisi menu takjil kepada para penumpang yang baru mendarat ataupun akan terbang di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Kita menghargai sekaligus untuk mempermudah penumpang pesawat atau pun pengantar untuk berbuka puasa jika waktu saatnya tiba. Sebab, seperti diketahui beberapa jadwal penerbangan dilakukan menjelang berbuka puasa," ujar Ahmad Zainun Mansyur, Officer in Charge (OIC) Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Untuk Terminal 1, 2 dan 3 serta kargo, masing-masing area tersebut akan tersedia 3.700 boks takjil. Dengan begitu total selama satu bulan penuh, AP II menyediakan 111.000 boks Takjil di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Teknisnya, petugas dari AP II membagikan takjil kepada para penumpang yang baru saja mendarat.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Liga Champions dan Liga Europa: Pertarungan 4 Tim Inggris

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Empat tim asal Inggris menembus partai final Liga Champions dan Liga Europa musim 2018/19. Mereka adalah Liverpool, Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Chelsea.

Duel final Liga Champions mempertemukan Tottenham Hotspur vs Liverpool. Pertandingan ini bakal berlangsung di Wanda Metropolitano, Madrid.

Spurs dan Liverpool tampil menggila di leg kedua semifinal Liga Champions. Spurs yang sempat kalah 0-1 di leg pertama, malah berhasil menang 3-2 atas Ajax Amsterdam. Tim asuhan Mauricio Pochettino itu pun unggul gol tandang.

Sedangkan Liverpool berhasil menang 4-0 atas Barcelona di Anfield Stadium pada leg kedua babak semifinal. Padahal, Sadio Mane dan kawan-kawan sempat kalah 0-3 di kandang Barcelona.

Sementara itu, dua tim London, Chelsea dan Arsenal akan saling berhadapan di final Liga Europa. Pertandingan ini berlangsung di Olympic Stadium, Baku.

Lihat jadwal Final Liga Champions dan Liga Europa di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Final Liga Chamoions

Minggu, 2 Juni 2019

02.00 WIB

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Venue: Wanda Metropolitano, Madrid

Live di RCTI

 

Jadwal Final Liga Europa

Kamis, 29 Mei 2019

18.00 WIB

Chelsea vs Arsenal

Venue: Olympic Stadium, Baku

Live di RCTI

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tahan Choi Jong Hoon Terkait Kasus Pelecehan Seksual

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan pelecehan seksual, polisi akhirnya menahan Choi Jong Hoon. Dilansir dari Soompi, Jumat (10/5/2019), Choi Jong Hoon mendatangi Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada 9 Mei 2019 untuk dimintai keterangannya.

Usai memeriksa Choi Jong Hoon selama dua jam, hakim langsung mengeluarkan surat perintah penahanan terhadap idola remaja tersebut. Akibatnya kemungkinan Choi harus menjalani penahanan praperadilan selama 48 jam ke depan.

Hakim melihat adanya kecurigaan dan kekhawatiran Choi Jong Hoon akan menghilangkan barang bukti. Makanya, ia langsung ditahan guna memperlancar proses hukum tersebut.

Hakim menyatakan, "Pengadilan mengakui kecurigaan kejahatan, dan ada kekhawatiran tentang penghancuran bukti."

Banyak Orang

Choi Jong Hoon. (Sumber: FNC Entertainment)

Seperti diketahui, Choi Jong Hoon diduga melakukan pelecehan seksual. Tak sendirian, Choi kabarnya melakukan aksi tersebut bersama beberapa orang.

Choi Jong Hoon diduga terlibat dalam kasus pelecehan seksual pada di Hongcheon dan Daegu pada 2016. Namun selama pemeriksaan, Choi menyangkal kecurigaan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecoak Interupsi Pidato Presiden Duterte

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengalami insiden kecil. Saat sedang berpidato tiba-tiba ada kecoak besar berjalan di pundaknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Ibu Meninggal Usai Melahirkan, Kemenkes: Itu Musibah Besar

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk bisa menurunkan angka kematian ibu (AKI) pemerintah pusat tidak bisa bergerak sendiri. Dibutuhkan komitmen pemerintah daerah untuk menekan jumlah ibu yang meninggal usai melahirkan.

"Kita perlu meningkatkan awareness para pimpinan daerah bahwa satu ibu meninggal itu musibah besar. Kan seharusnya (kematian ibu usai melahirkan) bisa dicegah," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Kirana Pritasari.

Saat ini, AKI di Indonesia masih tinggi, merujuk pada data SUPAS 2015 yakni 305 per 100.000 kelahiran hidup. Bila merujuk angka ini berarti diperkirakan ada 14 ribu ibu meninggal setiap tahunnya usai melahirkan di Indonesia. Sementara, jumlah desa di Indonesia ada 86 ribu.

"Jadi tidak setiap desa ada kematian ibu. Sehingga kalau ada kematian ibu di desa, kami khawatir itu dianggap sebagai takdir (saja)," kata Kirana.

Kirana khawatir angka ini membuat para pejabat daerah jadi tidak sensitif pada isu AKI. Ketika kepala desa, camat, bupati tidak sensitif terhadap isu AKI maka bakal lebih sulit menekan kasus ini.

Padahal, kata Kirana, jika dijumlahkan dalam setahun angka AKI begitu besar di seluruh Indonesia. "Bila diandaikan pesawat jatuh, andaikan satu pesawat kapasitasnya 500 penumpang, berarti jumlah AKI ini setara 28 pesawat jatuh (dalam setahun)," tutur Kirana saat ditemui di ruangannya, Kantor Kemenkes RI Kuningan Jakarta. 

Peran Besar Pemimpin Daerah

Penyebab AKI di Indonesia perlu diselesaikan dari hulu hingga hilir. Partisipasi pemimpin daerah punya peran besar dalam menekan AKI.

"Kan ini tidak bisa dikendalikan semua oleh pusat. Yang paling dekat pasti kabupaten atau kota, apalagi bidang kesehatan itu sudah desentralisasi sehingga kabupaten punya tanggung jawab besar, pimpinan darah punya tanggung jawab besar untuk itu," tutur Kirana.

Pemerintah daerah punya peran menganalisis permasalahan daerahnya dalam menghadapi AKI. Sehingga kebijakan yang nanti dilakukan bisa tepat sasaran.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA Peringatkan Manusia untuk Tidak Main-Main dengan Meteor

Posted: 09 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - NASA memperingatkan umat manusia untuk tidak main-main dengan meteor. Ancaman datangnya meteor ke bumi ternyata lebih besar dari perkiraan kita selama ini.

Jim Bridenstine, dalam Planetary Defense Conference menyatakan, selama ini teori-teori sains mengenai adanya kedatangan meteor sering dianggap konyol dan mengundang gelak tawa.

"Kita ingin memastikan kalau orang-orang mengerti, ini bukanlah tentang Hollywood, ini bukanlah tentang film-film yang sering kita lihat. Ini tentang penyelamatan satu-satunya planet yang bisa menyediakan kehidupan bagi kita, dan planet itu adalah bumi," ujarnya seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (10/5/2019).

Bridenstine kemudian mengungkit kejadian bulan Februari 2013, di mana sebuah meteor berdiameter 20 meter melaju dengan kecepatan 40 ribu mil per jam, melewati atmosfir bumi dan meledak di Chelyabinsk, Russia.

Meteoritnya, atau bagian-bagian kecil dari meteor besar, jatuh di berbagai daerah dan bola-bola api melaju di langit Russia.

Beriringan dengan jatuhnya meteor, terdapat suara ledakan kencang yang memecahkan jendela dan merusak gedung-gedung, Bridenstine menambahkan.

Ledakan meteor itu disebut-sebut punya kekuatan 30 kali lebih besar dari bom atom di Hiroshima.

Menurut laporan CNN, lebih dari 4 ribu gedung yang kebanyakan blok-blok apartemen rusak dan 200 ribu meter persegi kaca (di jendela, pintu, gedung) hancur lebur.

Bridenstine menyatakan, sistem model NASA memperkirakan, kejadian tersebut akan terjadi 60 tahun sekali.

Di hari yang sama dengan ledakan meteor di Chelyabinsk, meteor lain yang ukurannya jauh lebih besar yang berjarak 17 ribu mil dari bumi tetapi belum dapat dipastikan.

Diskusi Penyelamatan Bumi

Ilustrasi hujan meteor Perseid. NASA Peringatkan Manusia Untuk Tidak Main-main Hadapi Meteor (Wikipedia)

Minggu ini, Planetary Defense Conference telah mendiskusikan bagaimana dunia bisa melindungi diri dari asteroid atau meteor berpotensi bahaya yang bisa saja menabrak bumi.

Mereka membuat skenario jika suatu saat asteroid menabrak New York. Asteroid digambarkan sepanjang 260 meter, mengarah ke Denver, tetapi lembaga antariksa berhasil mengubah jalur untuk membelokkan asteroid dengan pesawat gerak cepat.

Namun, bagian sepanjang 80 meter akan terlepas dan tetap menuju bumi, menimbulkan dampak mengerikan, dengan energi 5 hingga 20 megaton.

Sebagai perbandingan, bom nuklir Hiroshima dan Nagasaki saja jika digabungkan hanya menghasilkan 0,04 megaton energi.

Sesudah dianalisa, tidak ada lagi cara yang lebih aman selain mengevakuasi seluruh warga ke tempat lain demi keselamatan.

Simulasi tersebut didesain agar pemerintah dapat menentukan kebijakan jika asteroid besar memang akan menghantam bumi.

Namun NASA menyebutkan, saat ini belum diketahui apakah ada asteroid besar yang akan menabrak bumi dalam abad ke depan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Daging Sapi Cenderung Turun di Awal Puasa

Posted: 09 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Senin lalu merupakan awal puasa yang biasanya akan mendorong kenaikan harga bahan pangan seperti daging ayam dan daging sapi. Kenaikan ini terjadi karena meningkatnya permintaan.

Namun, pada awal puasa di 2019 ini, para pedagang daging ayam dan sapi mengaku bahwa harga komoditas yang mereka jual cukup stabil. Bahkan beberapa pedagang mengaku harga mengalami penurunan sejak tiga hari lalu.

Salah satunya Robi yang merupakan pedagang dagng sapi yang ada di Pasar Pondok Gede, Bekasi. Menurutnya, saat ini harga daging di warung miliknya sudah menurun dan berada di kisaran Rp 110 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya harga daging di toko miliknya mencapai Rp 120 ribu per kg.

"Harga daging sudah turun dan sekarang cenderung stabil kayaknya sampai pertengahan puasa," ujarnya kepada Liputan6.com di Bekasi, Jumat (10/5/2019).

Meskipun sudah menurun dan cenderung stabil, namun ia mengaku jika penjualannya tidak seramai saat hari pertama puasa. "Sekarang mulai sepi, paling nanti ramainya H-7 Lebaran," tambahnya.

Sementara harga daging di beberapa penjual daging sapi yang ada di pasar tersebut mengaku masih stabil di kisaran Rp 120 ribu per kg. "Sekarang masih stabil di Rp 120 ribu per kg," kata Ade, pedagang di Pasar Pondok Gede.

Menurutnya harga ini akan terus stabil hingga menjelang H-3 Lebaran. Sama halnya dengan Rovi, Ade mengatakan jika penjualannya saat ini tidak seramai hari pertama puasa. "Paling rame nanti mba pas mau lebaran h-7 atau h-3," imbuhnya.

 

 

Daging Ayam

Pembeli membeli daging ayam di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tidak hanya daging sapi saja, harga harga daging ayam terpantau masih stabil atau hanya mengalami kenaikan tipis di kisaran Rp 55 ribu per ekor yang biasanya hanya Rp 50 ribu per ekor untuk ayam berukuran besar. Sementara ayam berukuran sedang saat ini dibandrol seharaga Rp 32 ribu per ekor, sebelumnya Rp 30 ribu per ekor.

Namun sama seperti daging sapi, penjualan daging ayam juga mengalami penurunan dan tidak seramai saat hari perrama puasa.

"Penjualan kembali lesu mba ngga seramai pas puasa pertama," ujar Tardi salah satu penjual daging ayam yang ditemui Liputan6.com.

Berbeda dengan daging ayam, para penjual telur mengaku jika saat ini harga telur ayam sudah sedikit menurun. "Sekarang sudah kembali Rp 24 ribu per kg, sebelumnya kan bisa Rp 25 ribu per kg," ungkap Ipin.

Namun para pedagang memprediksikan jika harga telur akan naik mendekati hari lebaran, karena keterbatasan stok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: BNN Musnahkan 169 Kilogram Sabu Sitaan

Posted: 09 May 2019 09:45 PM PDT

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko memberi keterangan saat rilis pemusnahan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu yang dimusnahkaan merupakan sitaan dari enam kasus berbeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko memberi keterangan saat rilis pemusnahan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu yang dimusnahkaan merupakan sitaan dari enam kasus berbeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko (kiri) memberi keterangan saat rilis pemusnahan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu tersebut sitaan dari Dumai 9,8 Kg, Depok 20,9 Kg, Tarakan 1,7 Kg, Asahan 10 Kg, Batubara 60 Kg, dan Aceh Tamiang 67,1 Kg. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko (kiri) memberi keterangan saat rilis pemusnahan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu tersebut sitaan dari Dumai 9,8 Kg, Depok 20,9 Kg, Tarakan 1,7 Kg, Asahan 10 Kg, Batubara 60 Kg, dan Aceh Tamiang 67,1 Kg. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti sabu saat akan dimusnahkan di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). BNN memusnahkan sebanyak 169,68 kilogram sabu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti sabu saat akan dimusnahkan di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). BNN memusnahkan sebanyak 169,68 kilogram sabu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka dan barang bukti sabu dihadirkan saat rilis di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu yang dimusnahkaan merupakan sitaan dari enam kasus berbeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka dan barang bukti sabu dihadirkan saat rilis di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu yang dimusnahkaan merupakan sitaan dari enam kasus berbeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko memusnahkan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu tersebut sitaan dari Dumai 9,8 Kg, Depok 20,9 Kg, Tarakan 1,7 Kg, Asahan 10 Kg, Batubara 60 Kg, dan Aceh Tamiang 67,1 Kg. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko memusnahkan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu tersebut sitaan dari Dumai 9,8 Kg, Depok 20,9 Kg, Tarakan 1,7 Kg, Asahan 10 Kg, Batubara 60 Kg, dan Aceh Tamiang 67,1 Kg. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka dihadirkan saat rilis pemusnahan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). BNN memusnahkan sebanyak 169,68 kilogram sabu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka dihadirkan saat rilis pemusnahan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). BNN memusnahkan sebanyak 169,68 kilogram sabu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka dihadirkan saat rilis pemusnahan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu yang dimusnahkaan merupakan sitaan dari enam kasus berbeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka dihadirkan saat rilis pemusnahan barang bukti sabu di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Sabu yang dimusnahkaan merupakan sitaan dari enam kasus berbeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luke Shaw Jadi Pemain Terbaik MU Musim 2018-19

Posted: 09 May 2019 09:45 PM PDT

Jakarta Bek sayap, Luke Shaw, terpilih sebagai pemain terbaik Manchester United (MU) musim 2018-19. Pemain 23 tahun itu mengungguli rekan-rekannya seperti Victor Lindelof, David de Gea, Marcus Rashford dan Paul Pogba.

Malam penghargaan MU dilaksanakan pada Kamis (9/5/2019) di Old Trafford. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, suasana malam penghargaan tahun ini berlansung sendu.

Hal itu dikarenakan kegagalan Manchester United meraih target. The Red Devils dipastikan tidak bisa mendapatkan tiket ke Liga Champions setelah hasil-hasil tidak maksimal pada beberapa pekan terakhir.

Luke Shaw dinilai suporter sebagai pemain yang paling konsisten pada musim 2018-19. Shaw seperti mendapat kesempatan kedua pada awal musim.

Perselisihan dengan Jose Mourinho dapat ia lupakan dan akhirnya merebut kembali satu tempat di starting lineup Manchester United. Hal itu dikarenakan Shaw memiliki tekad keras untuk membuktikan kualitasnya di klub tersebut.

Bersama Victor Lindelof, Shaw disebut sebagai pemain yang paling konsisten menunjukkan performa terbaik pada musim ini.

Pada laga penutup Premier League 2018-19, MU akan menghadapi Cardiff City. Laga pekan terakhir Premier League akan dimainkan secara jam yang bersamaan pada Minggu (12/5/2019).

Peraih Penghargaan Manchester United Musim 2018-19

Mason Greenwood jadi pemain muda terbaik Manchester United pada musim 2018-19. (AP Photo/Francois Mori)

Pemain Terbaik: Luke Shaw

Pemain Wanita Terbaik: Katie Zelem

Gol Terbaik: Andreas Pereira

Pemain Muda Terbaik: Mason Greenwood

Pemain Terbaik U-23: Tahith Chong

Sumber: Manchester United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Highlight Liga Europa, Valencia Vs Arsenal 2-4

Posted: 09 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Arsenal menang atas Valencia 4-2 pada laga leg kedua semifinal Liga Europa 2018-2019 di Estadio de Mestalla, Kamis (9/5/2019). Pierre-Emerick Aubameyang menjadi bintang kemenangan Arsenal setelah mencetak tiga gol ke gawang tim tuan rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran pada 31 Mei

Posted: 09 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada Jumat, 31 Mei 2019.

Untuk menghindari hal itu, dia menyarankan agar pemudik mulai berangkat ke kampung halaman sebelum atau sesudah tanggal tersebut. 

Budi Karya mengatakan bahwa libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H ditetapkan mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2019. Budi berharap dalam waktu enam hari, pemudik dapat pulang ke kampung halaman lebih awal. 

"Makanya kita mengimbau, mulai lah tanggal 30 pulang, karena 30 libur kan, bahkan 29 (Mei) malam sudah mulai pulang. Itu sepi, sehingga mereka terbagi di 6 hari itu," kata Budi Karya di Kompleks Istana Presiden Jakarta, Jumat (2/5/2019). 

"Jangan sampai, kalau pilihan masyarakat pasti 31 (Mei) pulang, kita imbau sebelum dan sesudah. Kita sampaikan 31 (Mei) itu puncak (arus mudik), jangan di 31 (berangkat mudik)," sambung dia.

Budi berharap, tahun ini lebih banyak banyak warga yang menggunakan moda transportasi umum. Apabila ingin menggunakan kendaraan pribadi, dia meminta pemudik tak membawa sepeda motor.

"Saya sampaikan juga, motor diimbau tidak digunakan, kita sarankan untuk pakai mudik gratis karena motor sangat bahaya," ucap mantan Dirut Angkasa Pura itu. 

Menurut dia, 75 persen kecelakaan saat arus mudik lantaran pemudik menggunakan motor. Sementara itu, pada musim mudik lebaran tahun lalu, angka kecelakaan pemudik yang menggunakam sepeda motor turun 30 persen.

"Kami akan kampanye lebih intensif agar (angka kecelakaan) itu lebih turun," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Misi RI Setelah Jadi Presiden Baru DK PBB

Posted: 09 May 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi Presiden Dewan Keamanan PBB pada 1 Mei 2019. Misi Indonesia ingin jadi penabur benih perdamaian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta dan Ibadah, Lagu Baru Melly Goeslaw untuk Ramadan

Posted: 09 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Meliana Cessy Goeslaw atau yang akrab dipanggil Melly Goeslaw sudah tidak asing lagi di dunia musik Indonesia. Kepiawaiannya dalam menulis lagu juga tidak diragukan, tercatat beberapa soundtrack dan juga beberapa lagu yang dinyanyikan olehnya maupun penyanyi Tanah Air laris manis di pasaran.

Selain selalu menghasilkan karya yang hits, film yang berisikan soundtrack lagu yang diciptakan oleh Melly Goeslaw selalu mendapat tempat di hati pecinta film Indonesia.

Seperti kali ini, untuk menyambut bulan Ramadhan, Melly kembali merilis sebuah lagu yang berjudul "Cinta dan Ibadah" yang juga merupakan soundtrack sebuah sinetron dengan judul yang sama.

Lagu terbaru Melly Goeslaw kali ini memang memiliki sinergi yang kuat dengan cerita dan tema sinetronnya. Selian itu, Aquarius Musikindo pun sudah merilis musik videonya, yang sudah dapat ditonton di channel Aquarius Musikindo di Vidio.com berikut ini.

Pengorbanan Seorang Perempuan Muslim

Lagu "Cinta dan Ibadah" milik Melly Goeslaw ini menceritakan tentang pengorbanan seorang perempuan muslim yang divonis tidak akan berumur panjang dan harus mengikhlaskan kekasih hatinya untuk yang lain.

"Cinta dan Ibadah" mempunyai lirik dan makna yang dalam. Dengan formula yang sama dengan lagu-lagu Melly sebelumnya, Anto Hoed sebagai arranger lagu ini juga tidak merubah banyak dari lagu aslinya.

Lagu "Cinta dan Ibadah" ini mengandung keikhlasan hati dalam menerima ketetapan-Nya. Melly Goeslaw pun berharap lagu ciptaannya ini bisa meramaikan musik Indonesia di bulan Ramadhan tahun ini. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Tim Liga 1 2019: PSIS Semarang Buru Posisi 8 Besar

Posted: 09 May 2019 09:35 PM PDT

Jakarta PSIS Semarang menjadi tim yang paling mengejutkan musim lalu. Pada tahun pertamanya berkecimpung di Liga 1, Mahesa Jenar berhasul finis di urutan sepuluh klasemen akhir musim.

PSIS finis di peringkat ke-10 di klasemen akhir Liga 1 2018 meski berstatus sebagai tim promosi dari Liga 2. Bahkan PSMS Medan yang memiliki status yang sama justru langsung kembali turun kasta ke Liga 2. PSIS kini mewarnai kekuatan sepak bola Indonesia, sebagai satu-satunya wakil Provinsi Jawa Tengah.

Dalam musim keduanya bermain di Liga 1, PSIS wajib diwaspadai kontestan lainnya. Mayoritas pemain musim lalu, sebesar 70 persen, dipertahankan manajemen klub. Komitmen besar dari manajemen PSIS Semarang membuat kiprah Laskar Mahesa Jenar menjadi kekuatan yang stabil.

Pemain seperti Joko Ribowo, Jandia Eka Putra, Rio Saputro, Safrudin Tahar, Bayu Nugroho, Komarudin, hingga Hari Nur Yulianto masih akan menjadi andalan PSIS untuk mengarungi kompetisi musim 2019. Sementara itu, nama-nama pemain baru turut hadir, satu di antaranya adalah putra daerah sekaligus langganan Timnas Indonesia, Septian David Maulana, serta Arthur Bonai.

Sementara sejumlah pilar musim lalu yang hengkang, tak membuat PSIS khawatir. Tim kebanggaan Panser Biru dan Snex ini mendapatkan pengganti yang sepadan. Benteng kokoh Wallace Costa dipastikan menjadi pilihan utama lini belakang PSIS.

Dua ekspatriat menempati lini tengah, yaitu Patrick Mota dan Shohei Matsunaga, yang bertugas menjaga keseimbangan permainan. Lini depan PSIS juga menjadi kekuatan tersendiri. Meski ditinggal top scorer musim lalu, Bruno Silva, yang hijrah ke Arab Saudi, hadirnya Claudir Marini Jr. membawa warna bagi daya gedor tim bersama Hari Nur Yulianto.

PSIS Semarang memasang target kembali bersaing dengan masuk delapan besar Liga 1 2019. Setidaknya mereka bisa memperbaiki peringkat dibandingkan dengan musim lalu. Ambisi tersebut cukup realistis. Bahkan PSIS berpeluang membuat kejutan menjadi deretan tim papan atas Indonesia.

Pelatih

Pelatih PSIS Semarang, Jafri Sastra (jaket hitam) bersama pelatih kiper I Komang Putra dan para pemain usai laga uji coba melawan PSS Sleman, Selasa (30/4/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Jafri Sastra menjadi sosok kunci sukses Mahesa Jenar musim lalu. Pelatih asal Payakumbuh, Sumatra Barat, ini hadir sejak pertengahan musim 2018. Jafri Sastra datang ketika PSIS terseok-seok dari awal hingga pertengahan musim ketika dibesut pelatih asal Italia, Vincenzo Annese.

PSIS akhirnya selamat dari jurang degradasi berkat tangan dingin Jafri. Sampai pekan ke-32, Bruno Silva dkk. sukses melepaskan diri dari jeratan degradasi perolehan poin yang tak terkejar oleh para penghuni zona merah.

Di bawah asuhan Jafri, PSIS sangat garang di kandang sendiri, dan kerap menjadi batu sandungan dengan mencuri poin di markas lawan. PSIS mencatat tujuh kemenangan, dua imbang, dan dua kekalahan saat dipoles Jafri Sastra.

 

Pemain Kunci

Striker PSIS, Hari nur Yulianto. (Bola.com/Ronald Seger)

Hari Nur Yulianto

Striker asal Kendal ini melanjutkan kerja sama dengan Mahesa Jenar dua musim sekaligus. Hari Nur tampil apik pada musim lalu dengan mengemas 12 gol atau menjadi pencetak gol terbanyak kedua PSIS, di bawah Bruno Silva.

Bukti kesetiaan kepada PSIS ditunjukkan dengan tidak pergi ke klub lain. Bahkan Hari Nur menolak tawaran dari Bali United hingga klub asal Thailand. Pemain dengan nomor punggung 22 tersebut mengungkapkan jika ia ingin memberikan yang lebih baik lagi untuk PSIS Semarang.

Hari Nur Yulianto menjadi ikon PSIS Semarang dengan ban kapten di lengannya. Posisinya pun tidak tergantikan di lini depan PSIS, yang diproyeksikan akan berkolaborasi dengan Claudir Marini Jr dan pemain lincah Komarudin.

"Salah satu faktor yang membuat saya mencintai klub ini adalah suporter yang selalu setia mendukung. PSIS memang tim idola saya sejak kecil," terang Hari Nur Yulianto kepada Bola.com, Rabu (8/5/2019).

 

Septian David Maulana melakoni debutnya bersama PSIS Semarang, Selasa (5/2/2019) di Stadion Moch. Soebroto, Magelang. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Septian David Maulana

Pemain berusia 22 tahun ini resmi berseragam PSIS untuk musim kompetisi 2019. Septian David yang merupakan pemain kelahiran Semarang, baru kali ini dapat bermain untuk tim asal tanah kelahirannya. Pasalnya, semenjak junior dirinya menjadi pemain Mitra Kukar hingga musim 2018.

Setelah berkelana tiga tahun di Kalimantan Timur, Septian David Maulana akhirnya mewujudkan mimpi bisa bermain di klub tanah kelahirannya, PSIS Semarang. Pemain bernomor punggung 29 ini selalu menjadi pemain utama lini tengah PSIS dalam pertandingan pramusim.

Pelatih Jafri Sastra menempatkan dirinya sebagai playmaker, disandingkan bersama Shohei Matsunaga, Patrick Mota, dan gelandang pekerja asal Papua, Arthur Bonai. Septian David diprediksi bakal menjadi nyawa lini tengah Mahesa Jenar di musim 2019.

 

Kapten Kalteng Putra, I Gede Sukadana (kiri), mencoba melewati hadangan striker PSIS, Claudir Marini, pada laga Piala Presiden 2018, Minggu (10/3/2019).  (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Claudir Marini Jr

Striker asal Brasil, Claudir Marini, datang pertama kali ke PSIS dengan status trial. Saat itu pelatih Jafri Sastra masih ingin melihat kemampuan pemain berkepala plontos ini terlebih dulu.

Marini pun akhirnya menjadi pemain kedua asal Brasil yang direkrut PSIS pada musim ini, di mana sebelumnya mereka sudah mendapatkan bek Wallace Costa. Claudir Marini kini menjadi pemain asing ketiga yang dimiliki PSIS. Nama Ibrahim Conteh menjadi ekspatriat yang dipertahankan dari musim lalu.

Sebelumnya, Marini membela klub Liga Iran, Esteghlal Khuszestan dan Padideh. Pemain berkepala plontos ini juga sempat bermain untuk klub Armenia, Gandzasar, yang pernah berlaga di kualifikasi Liga Europa 2017-2018.

Claudir Marini Jr. langsung bisa beradaptasi dengan kompetisi di Indonesia. Tercatat dua gol dipersembahkannya dalam gelaran Piala Presiden 2019 lalu. Hanya saja dirinya kini dalam kondisi cedera dan sedang berjuang sembuh untuk segera tampil membela Mahesa Jenar.

 

Komposisi Pemain

Para pemain PSIS Semarang. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Kiper: Joko Ribowo, Jandia Eka Putra, Endang Subrata

Belakang: M. Rio Saputro, Wallace Costa, Fauzan Fajri, Safrudin Tahar, Ganjar Mukti, Soni Setiawan

Tengah: Riyan Ardiansyah, Shohei Matsunaga, Patrick Mota, Arthur Bonai, Bayu Nugroho, Heru Setyawan, Tegar Infantrie, Septian David Maulana

Depan: Hari Nur Yulianto, Komarodin, Aldaier Makatindu, Claudir Marini Jr

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Terpilih Maluku Utara Siang Ini

Posted: 09 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/5/2019). Prosesi pelantikan dimulai pukul 14.00 WIB.

"Rencana iya (pelantikan jam 2 siang)," ucap Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik saat dikonfirmasi.

Sebelum dilantik, Jokowi terlebih dulu akan menyerahkan petikan keputusan presiden ke Abdul Gani dan Al Yasin di Istana Merdeka Jakarta.

Selanjutnya, Abdul Gani-Al Yasin bakal berjalan bersama Jokowi, Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ke Istana Negara untuk diambil sumpahnya.

Abdul Gani-Al Yasin merupakan pasangan Gubernur dan Wagub hasil Pilkada Serentak 2018. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil suara Pilgub Malut 2018.

Abdul Gani-Al Yasin unggul dari pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar. Dalam Pilgub Malut 2018, Abdul Gani-Al Yasin yang diusung PDIP dan PKPI itu mendapat 176.669 suara.

Sementara rivalnya, Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar yang diusung Golkar dan PPP meraih 175.749.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Hal yang Membatalkan Puasa, Jangan Secara Sengaja Dilakukan

Posted: 09 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, selain harus melaksanakan kewajiban-kewajiban saat puasa, namun bagi umat Muslim juga dituntut untuk menjaga diri dari hal hal yang membatalkan puasa. Ya, bagi setiap Muslim pastinya ingin berpuasa di bulan Ramadan ini dengan sempurna.

Maka tak heran kalau banyak orang-orang Muslim yang sangat menjaga agar ibadah menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari tersebut agar tidak sia-sia belaka. Untuk itu, umat Muslim perlu mengerti beberapa hal yang bisa membatalkan ibadah ini. Soalnya, tanpa disadari kegiatan itu seringkali adalah sesuatu hal sepele yang bisa saja tidak disadari bisa membatalkan puasa.

Masih di awal puasa, ada baiknya kamu mengetahui hal hal yang membatalkan puasa, agar tidak sengaja nantinya kamu lakukan. Berikut ini, Liputan6.com, Rabu (8/5/2019) telah merangkum hal hal yang membatalkan puasa. Telah dikutip dari berbagai sumber, ini hal hal yang membatalkan puasa yang perlu kamu ketahui.

Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Minum Obat / Sumber: iStockphoto

Memasukkan Sesuatu ke Dalam Lubang Tubuh dengan Disengaja

Hal hal yang membatalkan puasa seseorang adalah ketika adanya benda yang masuk ke dalam salah satu lubang yang berpangkal pada organ bagian dalam, pada istilah fiqih disebut dengan jauf. Lubang ini antara lain seperti mulut, telinga, dan hidung. Benda tersebut masuk ke dalam lubang dengan kesengajaan dari diri seseorang.

Nah, puasa menjadi batal ketika terdapat benda, baik itu dalam bentuk makanan, minuman, atau benda lain yang sampai pada tenggorokan. Namun, menjadi tidak batal apabila benda tersebut masih berada di dalam mulut dan tidak ada sedikit pun bagian dari benda itu yang sampai pada tenggorokan.

Lain halnya dengan benda yang masuk ke dalam jauf seseorang yang sedang berpuasa yang dilakukan dalam keadaan lupa atau disengaja, dan kamu belum mengerti bahwa masuknya benda pada jauf adalah hal yang dapat membatalkan puasa. Nah, kalau kamu dalam keadaan demikian, puasa yang kamu jalankan tetap dihukumi sah.

Namun selama benda yang masuk dalam jauf tidak dalam volume yang banyak, seperti lupa mamakan makanan yang sangat banyak pada saat puasa. Maka saat hal tersebut terjadi, puasa akan dihukumi batal.

Mengobati dengan Cara Memasukkan Obat ke Dalam Bagain Tubuh

Hal hal yang membatalkan puasa selanjutnya adalah mengobati dengan cara memasukkan benda atau obat atau benda lain pada salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur). Misalnya saja saat pengobatan bagi orang yang sedang mengalami ambeien dan juga bagi orang yang sakit dengan memasang kateter urin, maka dua hal tersebut dapat membatalkan puasa. 

Hal-hal yang Membatalkan Puasa Dilakukan dengan Sengaja

Muntah / Sumber: iStockphoto

Muntah yang Disengaja

Hal hal yang membatalkan puasa yang ketiga adalah muntah dengan sengaja. Jika kamu muntah tanpa disengaja atau muntah secara tiba-tiba maka puasanya tetap dihukumi sah selama tidak ada sedikit pun dari muntahannya yang tertelan kembali. Kalau muntahannya tertelan dengan sengaja, maka puasanya dihukumi batal.

Melakukan Hubungan seksual dengan Lawan Jenis dengan Sengaja

Hal hal yang membatalkan puasa keempat adalah dengan melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis yang disengaja. Bahkan, dalam konteks ini terdapat ketentuan khusus: puasa seseorang tidak hanya batal dan tapi ia juga dikenai denda atas perbuatannya. Denda ini adalah dengan berpuasa selama dua bulan berturut-turut.

Jika kamu tidak mampu, maka wajib memberi makanan pokok senilai satu mud (0,6 kilogram beras atau tiga seperempat liter beras) kepada 60 fakir miskin. Hal ini tak lain bertujuan sebagai ganti atas dosa yang dilkaukan berupa berhubungan seksual pada saat puasa.

Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Jadwal Haid / Sumber: iStockphoto

Keluarnya Air Mani yang Disebabkan Bersentuhan Kulit

Keluarnya air mani (sperma) disebabkan bersentuhan kulit. Misalnya, mani keluar akibat onani atau sebab bersentuhan dengan lawan jenis tanpa adanya hubungan seksual. Berbeda halnya ketika mani keluar yang dikarenakan mimpi basah maka dalam keadaan demikian puasa tetap dihukumi sah.

Mengalami Haid atau Nifas Saat Puasa

Hal hal yang membatalkan puasa yang satu ini hanya dialami oleh perempuan saja. Selain dihukumi batal puasanya, orang yang mengalami haid atau nifas berkewajiban untuk mengqadha puasanya.

Dalam hal ini puasa memiliki konsekuensi yang berbeda dengan shalat dalam hal berkewajiban untuk mengqadha. Sebab dalam shalat orang yang haid atau nifas tidak diwajibkan untuk mengqadha shalat yang ditinggalkan pada masa haid atau nifas.

Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Murtad Saat Puasa

Murtad adalah keluarnya seseorang dari agama Islam. Misalnya orang yang sedang puasa, tiba-tiba mengingkari keesaan Allah SWT atau mengingkari hukum syariat yang sudah menjadi kensesnsus ulama. Di samping batal puasanya, juga berkewajiban untuk segera mengucapkan syahadat serta mengqadha puasanya.

Kondisi Gila atau Junun

Gila atau junun pada saat menjalankan ibadah puasa juga merupakan hal hal yang membatalkan puasa. Saat hal ini terjadi pada seseorang di pertengahan pelaksanaan puasa, maka puasa yang dijalankan akan dihukumi batal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen Haru Anak Afrika Dapat Mainan Ini Bikin Terenyuh, Bahagia Itu Sederhana

Posted: 09 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia dengan keanekaragaman etnis, budaya, dan bahasa. Afrika juga dikenal sebagai benua dengan alamnya yang masih liar, padang pasir yang luas, suku-suku yang unik, serta populasi satwa yang masih terjaga. 

Benua Afrika dikenal sebagai salah satu benua yang memiliki cukup banyak kekurangan. Selain karena kondisinya yang cukup kering, konflik berkepanjangan yang terjadi di negara-negara Afrika semakin memperparah keadaan di benua tersebut. Keadaan ekonomi yang serba sulit menjadikan penduduknya lebih banyak pasrah dengan keadaan.

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi dan tingkat pendidikan yang rendah menjadikan Afrika sebagai wilayah yang kurang ramah bagi anak-anak. Banyak anak-anak di Afrika yang tidak mampu melanjutkan pendidikan akibat sarana dan prasarana di negara tersebut tidak memadai. Sehingga informasi terhadap perkembangan dunia luar semakin terbatas mereka dapati.

Namun, ada hal menarik yang patutnya masih bisa disyukuri sebagai bangsa Indonesia. Mungkin bagi anak-anak Indonesia saat ini bisa bebas leluasa membaca beragam buku di perpustakaan. Tidak hanya itu, beragam permainan menarik bisa anak-anak Indonesia nikmati dengan baik.

Tidak seperti anak Afrika berikut ini yang sangat bahagia saat mendapatkan mainan baru yang bisa bikin terenyuh. Berikut Liputan6.com rangkum momen haru anak Afrika saat dapat mainan baru ini bikin terenyuh, Jumat (10/5/2019).

Momen bahagia saat anak Afrika dapat buku dan mainan baru

 

Pada video yang direpost oleh akun Twitter @ujidabeoni dari @HergunYeniBilg, memperlihatkan bagaimana bahagianya anak-anak Afrika yang mendapat buku serta mainan baru.

Dalam video tersebut mereka tampak senang dan kegirangan saat memperoleh mainan dan buku dari sebuah tas merah. Dalam tas merah tersebut berisi bermacam-macam jenis mainan yang mungkin baru pertama kali mereka lihat.

Momen bahagia anak Afrika saat diberikan sebuah balon

 

Pada video yang diunggah oleh akun Twitter @HergunYeniBilg memperlihatkan seorang pria sedang meniup balon yang dikelilingi oleh anak-anak Afrika.

Saat Balon berwarna kuning itu selesai ditiup, pria tersebut lalu melemparkannya ke anak-anak tersebut dan disambut oleh anak-anak yang berlari bersama mengejar balon kuning tersebut. Meskipun nampak sepele tapi bagi anak-anak Afrika tersebut itu merupakan hal bahagia.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Proyek Hulu Migas Siap Beroperasi Tahun Ini

Posted: 09 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, ada 11 proyek utama yang akan beroperasi (onstream) pada 2019. Hal ini akan menunjang pencapaian target produksi siap jual (lifting) minyak dan gas bumi (migas) sebesar 2 juta barel setara minyak per hari atau Barrel Oil Ekuivalen per Day (BOEPD).

"11 proyek ini berpotensi menambah produksi migas sebesar 13.587 barel per hari untuk minyak dan 1.172 Million Standard Cubic Feet per Day (MMscfd) untuk gas," Kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Dia pun merinci proyek hulu migas yang onstream di 2019 adalah:

- Proyek Terang Sirasun Batur Phase 2 oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Kangean Energy Indonesia, dengan estimasi produksi sebesar 120 MMscfd.

- Proyek Seng Segat milik EMP Bentu Ltd dengan estimasi produksi 60 MMScfd.

- Proyek Ario-Damar-Sriwijaya Phase-2 milik PT Tropik Enegi Pandan dengan estimasi produksi 20 MMScfd

- Proyek Suban Proyek Compression milik ConocoPhillips (Grissik) Ltd dengan estimasi produksi 100 MMScfd.

- Proyek YY milik PHE ONWJ dengan estimasi produksi 25,5 MMscfd (Gas) dan 4.605 bopd (OIL)

- Proyek Bukit Tua Phase-3 milik Petronas Carigali Ketapang II Ltd dengan estimasi 3.182 bopd (Oil), 31 MMscfd (Gas)

- Proyek Buntal-5 milik Medco E&P Natuna Ltd. dengan estimasi produksi 45 MMscfd.

- Proyek Bison-Iguana-Gajah Puteri milik Premier Oil Natuna Sea B.V sebanyak 80 MMScfd

- Proyek Temelat milik PT Medco E&P Indonesia sebesar 10 MMScfd

- Proyek Panen milik PetroChina International Jabung Ltd. sebesar 2.000 bopd

- Proyek Kedung Keris milik ExxonMobil Cepu Ltd. sebesar 3.800 bopd.

 

Investasi Sampai April

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Adapun, investasi hulu migas hingga April sebesar US$ 3,17 miliar. Meski demikian, masih ada tambahan investasi dari komitmen kerja pasti (KKP) di wilayah kerja Jambi Merang pada tahun ini sejumlah US$ 38,1 juta.

Secara kumulatif, tambahan investasi dari KKP dan komitmen pasti (KP) hingga tahun 2026 adalah sebesar US$ 2,16 miliar untuk kegiatan eksplorasi dan eksploitasi.

Sebagai informasi, realisasi lifting migas hingga April 2019 mencapai 1,8 juta barel setara minyak per hari dengan rincian lifting minyak 750 ribu barel per hari (bopd) dan lifting gas 5.909 juta kaki kubik per hari (MMscfd).

Jumlah ini mencapai 89 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 2 juta boepd

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPU Thailand Sebut 74 Partai Raih Kursi Parlemen

Posted: 09 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPU Thailand menyebut 74 partai berhasil merebut kursi parlemen di pemilu 2019. Namun pengumuman pemenang pemilu belum akan dilakukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Gisella Anastasia Disebut Hamil Anak Wijaya Saputra

Posted: 09 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak berstatus janda, banyak gosip yang menerpa seorang Gisella Anastasia. Salah satunya adalah terkait hubungan asmaranya dengan atlet basket Wijaya Saputra alias Wijin.

Bahkan, belakangan ini Gisella Anastasia digosipkan hamil di luar nikah dengan Wijaya Saputra. Kabar tersebut berembus karena tubuh Gisel terlihat gemuk ketika jalan bareng Wijaya Saputra.

"Capeklah ngejelasinnya, lihat saja nanti lahir apa enggak," kata Gisel, dikutip dari tayangan Insert, Kamis (9/5/2019).

Mengenai perut yang terlihat besar, Gisella Anastasia mengatakan bahwa hal itu disebabkan efek baju yang ia kenakan. Ia menegaskan bahwa saat ini dirinya tidak hamil.

Tak Mau Komentar

Gisella Anastasia (Fimela.com/Adrian Putra)

"Saya pusing. Kalau saya komentari, bodoh juga saya kalau jawab. Itu kan efek baju. Lagian orang gimana sih?" lanjut Gisel.

Sedangkan, Wijaya Saputra mengaku baru mendengar kabar miring tersebut. Sebab, dia tahu bahwa Gisel sedang tidak hamil.

"Jujur baru tahu loh saya," ujar pria yang karib disapa Wijin itu.

Reporter : Nur Ulfa/Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Galaksi Berukuran Tujuh Kali Lebih Luas dari Bima Sakti

Posted: 09 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ilmuwan NASA menemukan sebuah galaksi yang memiliki ukuran tujuh kali lebih luas dari Bima Sakti.

Laporan tentang galaksi yang diberi kode nama "UGC 1382" atau dijuluki galaksi Frankenstein itu menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Informasi lain yang juga menyedot perhatian datang dari bocoran harga Zenfone 6, dan WhasApp akhiri dukungannya untuk Windows Phone dan Android lawas.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Luar Biasa Besar, Galaksi Ini Tujuh Kali Lebih Luas dari Bima Sakti

Teleskop angkasa luar Hubble menangkap gambar galaksi yang disebut Messier 28. (Kredit: ESA / Hubble & NASA, J.E. Grindlay et al.)

Coba bayangkan berapa luas galaksi Bima Sakti? Galaksi spiral yang kita huni ini diketahui memiliki total massa sekitar 10 massa matahari, yang mana memiliki 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya.

Ini artinya, galaksi Bima Sakti merupakan galaksi spiral yang tidak bisa dihitung saking betapa luasnya.

Nah, jika sudah terbayang begitu besarnya galaksi Bima Sakti, kamu pasti akan menganga lebar dengan temuan galaksi baru yang satu ini.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Hadir 16 Mei 2019, Bocoran Harga Zenfone 6 Muncul di Internet

Asus bakal perkenalkan smartphone terbarunya, Zenfone 6. (Doc: Twitter/ @ASUS)

Asus akan mengumumkan smartphone terbarunya, Zenfone 6, pada 16 Mei 2019. Menjelang kehadirannya, bocoran tentang harga jual telah beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Kamis (9/5/2019), menurut laporan, Zenfone 6 akan dijual dengan tiga harga berbeda. Varian RAM 6GB dengan memori internal 128GB menjadi yang paling murah dengan harga berkisar USD 649 atau Rp 9,2 jutaan.

Selain itu, juga ada varian RAM 8GB dan memori internal 256 seharga USD 776. Varian paling mahal hadir dengan RAM 12GB dan memori internal 512GB seharga USD 970.

Baca selengkapnya di sini

3. WhatsApp Bakal Akhiri Dukungan untuk Windows Phone dan Android Lawas

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

WhatsApp akan mengakhiri dukungan untuk sistem operasi (OS) Windows Phone, serta versi lawas Android dan iOS. Penghentian dukungan ini akan dilakukan secara bertahap.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (9/5/2019), dukungan untuk Windows Phone akan dihentikan mulai 31 Desember 2019.

Sementara, dukungan WhatsApp untuk perangkat berbasis Android dan iOS lawas akan dihentikan pada tahun depan.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Jek)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Berlibur ke Jepang? Perhatikan Tips Singkat Berikut ini

Posted: 09 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ingin berlibur ke Jepang? Buat Anda yang gemar berlibur sendirian atau biasa disebut solo traveller, harus memerhatikan beberapa hal sebelum berangkat.

Mengingat biaya penginapan dan transportasi di Jepang yang tidaklah murah, selain itu, demi menghemat biaya, ada baiknya menggunakan transportasi umum.

Nah, terkadang kendala yang sering dihadapi para wisatawan saat menggunakan transportasi umum adalah tersesat. Namun jangan khawatir, pasalnya di Jepang banyak tersedia peta-peta di nyaris setiap pojokan kota.

Ingin tahu tips apalagi saat berlibur ke Jepang nanti? Simak selengkapnya di channel Discover Jakarta TV di Vidio.com berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semakin Banyak Rakyat AS Mendukung Pemakzulan Donald Trump

Posted: 09 May 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Sebuah jajak pendapat yang digelar oleh kantor berita Reuters dan Ipsos, menunjukkan bahwa jumlah dukungan rakyat Amerika Serikat (AS) terhadap rencana pemakzulan Donald Trump, meningkat lima poin menjadi 45 persen sejak pertengahan April lalu.

Sementara lebih dari setengah responden menilai beberapa penyelidikan Kongres AS terhadap Trump, telah menggangu banyak urusan penting pemerintah, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Jumat (10/5/2019).

Jajak pendapat, yang dilakukan pada Senin 6 Mei, tidak menjelaskan apakah rakyat AS yang lelah terhadap penyidikan terkait, menginginkan penarikan tugas oleh Demokrat, atau hanya sebatas mendukung pemakzulan.

Pertanyaan itu mendesak para pemimpin senior Demokrat di DPR AS untuk memulai proses pemakzulan terhadap Donald Trump, meskipun kemungkinan oposisi sulit dilawan di Senat yang dikuasai Partai Republik.

Sementara itu, pada hari Kamis, Ketua DPR Nancy Pelosi menekankan kembali bahwa para pemimpin komite investigasi di DPR --yang dikendalikan Demokrat-- mengambil pendekatan langkah demi langkah.

"Ini sangat metodis, sangat berbasis Konstitusi," kata Pelosi. "Kita tidak akan pergi lebih cepat, atau lebih lambat, daripada fakta yang membawa kita pada kondisi saat ini."

Jajak pendapat itu juga menemukan bahwa 42 persen orang AS mengatakan Donald Trump tidak boleh dimakzulkan. Selebihnya mengatakan mereka tidak punya pendapat.

Sebagai perbandingan, survei pada 18-19 April menemukan bahwa 40 persen dari semua orang Amerika ingin memakzulkan Trump.

Dukungan Kuat Kubu Demokrat dan Independen

Ilustrasi Bendera Amerika Serikat (Wikimedia Commons)

Jajak pendapat terbaru menunjukkan dukungan yang lebih kuat untuk pemakzulan Trump di antara kubu Demokrat dan independen.

Ini juga menunjukkan bahwa 57 persen orang dewasa AS setuju bahwa penyelidikan lanjutan terhadap Donald Trump akan mengganggu berbagai urusan penting pemerintah.

Pihak yang menyatakan keberatan di atas termasuk sekitar setengah dari semua pendukung Demokrat, dan tiga perempat dari seluruh kubu Partai Republik.

Setelah hampir dua tahun diselidiki oleh Penasihat Khusus Robert Mueller, terkait dugaan campur tangan Rusia dalam kampanye Trump dan campur pada pilpres AS 2016, kubu Demokrat kini tengah mengejar beberapa pertanyaan mengenai peran kepresidenan Trump, keluarganya, dan kepentingan bisnisnya.

Trump menghalangi setidaknya setengah lusin pertanyaan seperti itu, menolak untuk mengungkapkan pengembalian pajaknya, meminta hak eksekutif untuk menyimpan laporan Mueller yang tidak terselesaikan, dan mengajukan tuntutan hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memblokir penyelidik DPR.

Popularitas Trump Tidak Berubah

Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump (AP/Nicholas Kamm)

Jajak pendapat terkait juga menemukan bahwa 32 persen responden setuju bahwa Kongres AS memperlakukan laporan Mueller secara adil, sementara 47 persen tidak setuju.

Popularitas Trump tidak berubah dari jajak pendapat serupa yang berlangsung pekan lalu, yakni sebanyak 39 persen orang dewasa mengatakan mereka mendukung Donald Trump, dan 55 persen mengatakan mereka tidak setuju.

Jajak pendapat oleh kantor berita Reuters dan Ipsos ini dilakukan secara online dalam bahasa Inggris, di seluruh Amerika Serikat.

Secara keseluruhan, jajak pendapat ini mengumpulkan tanggapan dari 1.006 orang dewasa dan memiliki interval kredibilitas, ukuran ketepatan, sekitar 4 poin persentase.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Siapa Rebut Juara, Manchester City atau Liverpool?

Posted: 09 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Manchester City dan Liverpool akan menjalani laga penting pada Minggu (12/5/2019). Keduanya membidik kemenangan di laga pamungkas demi gelar Liga Inggris.

Di laga terakhir Liga Inggris, Manchester City akan menantang tuan rumah Brighton. Sementara Liverpool akan menantang Wolverhampton di Anfield.

Saat ini Manchester City memuncaki klasemen Liga Inggris. The Citizens mengoleksi 95 poin dari 37 laga. Sementara posisi kedua dikuasai oleh Liverpool. The Reds hanya berjarak satu poin dengan Manchester City.

Bagi Manchester City, mereka ingin mempertahankan gelar Liga Inggris yang didapat pada musim lalu. Sedangkan Liverpool ingin memenangkan gelar pertama Liga Inggris mereka sejak 1989/90.

Sayangnya, Liverpool akan menjalani laga terakhir Liga Inggris lebih berat. Pasalnya, saat bertemu Wolverhampton, beberapa pemain Liverpool seperti Naby Keita, Mohamed Salah, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Roberto Firmino, berkutat dengan cedera.

Lihat klasemen Liga Inggris di halaman selanjutnya.

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Perusahaan Ini Ciptakan Kapsul Air untuk Kurangi Limbah Botol Plastik

Posted: 09 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Plastik menjadi persoalan serius di dunia sekarang ini. Seiring pertumbuhan populasi dunia, plastik makin besar-besaran diproduksi dengan berbagai variannya. Hal ini menimbulkan meledaknya sampah plastik di dunia. Peringatan tentang bahaya sampah plastik sebenarnya sudah ada sejak awal 1970-an. Sayangnya, pesan ini hanya memicu segelintir reaksi dari komunitas ilmiah.

Sampah plastik memang meninggalkan banyak masalah. Saat ini, sebagian lautan di bumi sudah tercemar sampah plastik yang memang bersifat susah untuk diuraikan. Namun, banyak juga solusi yang ditawarkan untuk mengurangi sampah plastik, salah satunya gerakan zerowaste. Banyak inovasi terbaru yang mendukung gerakan zerowaste.

Salah satu inovasi unik untuk mengurangi sampah plastik datang dari Skipping Rocks Lab membuat edible water bottle (wadah air minum yang bisa dimakan) bernama Ooho, seperti yang Liputan6.com lansir dari Ohoowater, Jumat (10/5/2019). Skipping Rocks mengklaim bahwa kapsul air ini bisa membantu menekan penggunakan botol plastik.

Asal Mula Inovasi Kapsul Air

 

Pada 2014, para sarjana teknik dari Imperial College London membuat proyek untuk mengurangi jumlah sampah botol plastik di Inggris. Setelah melakukan research, mereka menemukan bahwa sari rumput laut ternyata tidak mempengaruhi rasa dan warna minuman. Akhirnya, sari itu dibuat menjadi semacam agar-agar sebagai wadahnya yang nantinya di dalamnya diisi air minum.

Berbentuk seperti gelembung, air minum itu bisa dikonsumsi dengan wadahnya 'Ooho'. Selain itu, bentuknya bisa menyesuaikan tempat dan ringan. Saat ini Ohoo terus dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat.

Tak hanya air mineral, Ooho sendiri telah memiliki banyak variasi minuman seperti jus. Harga bahan baku pembuatannya tergolong sangat murah kalau dibandingkan pembuatan satu botol plastik. Jadi, pengeluaran pabrik bisa dipangkas dan konsumen pun puas.

Penemuan ini juga dibarengi promosi unik dari Skipping Rocks lab. Mereka bekerjasama dengan event promotor berbagai acara seperti London Marathon untuk menggunakan produknya sebagai ganti botol air minum. Tidak tanggung-tanggung, pada tahuan 2018, mereka sudah mem-booking 18 event. Total hasil penggalangan dananya pun mencapai USD 500 ribu atau setara Rp 7,1 Miliar. Dana ini lalu digunakan sebagai modal menjual Ohoo Water secara resmi.

Bekerja Sama dengan London Marathon untuk Promosi

London Marathon merupakan salah satu ajang maraton terbesar di dunia. Untuk penyelenggaraan tahun ini, panitia bekerja sama dengan Skipping Rocks menyediakan solusi menarik yang bisa mengurangi limbah plastik.

Biasanya untuk ajang sebesar London Marathon, panitia menyediakan beratus-ratus bahkan ribuan botol minum yang diberikan pada pelari. Mengingat mayoritas botol air terbuat dari plastik, tentu bisa dibayangkan berapa banyak sampah plastik dari acara ini.

Tetap akan ada penyediaan botol air plastik, tetapi jumlahnya berkurang dari 920 ribu pada 2018 menjadi 704 ribu tahun 2019. Semua botol air yang dibagikan tahun ini setidaknya akan sebagian terbuat dari plastik daur ulang dan wadah yang dibuang akan didaur ulang. Menurut Hugh Brasher, direktur acara London Marathon, ini adalah cara untuk mempertahankan keberlangsungan lingkungan.

Untuk mempromosikan Ooho water panita memberikan pada pelari London Marathon yang telah mencapai titik 23 mil, mereka diberi kapsul air yang bisa dimakan yang terbuat dari ekstrak rumput laut, bukan botol air plastik. Ini adalah salah satu cara penyelenggara untuk mengurangi jumlah besar sampah plastik yang dihasilkan selama menjalankan acara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Film Horor, Randy Pangalila Targetkan Ini

Posted: 09 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usai tampil memikat di film Kucumbu Tubuh Indahku karya sineas Garin Nugroho, Randy Pangalila kini membintangi Malam Jumat The Movie. Dalam film itu, akting Randy Pangalila diadu dengan Dhea Annisa dan YouTuber kondang Ewing HD.

Ewing HD sendiri merupakan YouTuber dengan jumlah pelanggan mencapai 1,6 juta orang. Apa yang ingin dicapai Randy Pangalila lewat Malam Jumat The Movie?

"Harapan atau target saya, semoga jumlah penonton film ini melebihi jumlah pelanggan kanal YouTube-nya Ewing. Bisa melewati 1,6 juta penonton-lah," beri tahu Randy Pangalila kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Kamis (9/5/2019) kemarin.

Membintangi film horor bukan hal baru bagi Randy Pangalila. Sebelumnya, ia tampil di film Kutukan Suster Ngesot dan Nyi Roro Kidul Project.

Randy Pangalila optimistis Malam Jumat The Movie bisa mencetak box office mengingat jumlah layar untuk film ini mencapai 140 pada hari pertama penayangan, Kamis (16/5/2019) mendatang.

"Selain itu, film ini beda dari horor kebanyakan. Ada banyak plot twist dan ini horor slasher," Randy Pangalila menambahkan.

Alternatif Hiburan

Rilis trailer Malam Jumat The Movie (Daniel Kampua/Fimela.com)

Sejak film horor Indonesia bangkit lewat Danur I Can See Ghosts dan Pengabdi Setan, genre horor slasher memang belum banyak diproduksi lagi. Sebagai pekerja seni, Randy Pangalila percaya penonton film Indonesia butuh hiburan yang bervariasi agar tidak bosan. Horor slasher diharapkan menjadi alternatif hiburan.

"Jangan salah, main film horor tidak kalah menantang daripada membintangi film drama, lho. Setiap genre ada romantika dan tantangannya masing-masing," pungkas dia. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Pembayaran Indonesia Kuartal I Surplus USD 2,4 Miliar

Posted: 09 May 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) menyatakan jika defisit neraca transaksi berjalan pada kuartal I 2019 tercatat membaik dibandingkan tahun lalu, sehingga hal ini dapat menopang ketahanan sektor eksternal perekonomian Indonesia.

Dilansir dari laman Bank Indonesia, defisit neraca transaksi berjalan kuartal I 2019 tercatat sebesar USD 7 miliar (2,6 persen dari PDB), sedangkan tahun lalu mencapai USD 9,2 miliar (3,6 persen dari PDB).

Penurunan defisit neraca transaksi berjalan ini didukung oleh peningkatan surplus neraca perdagangan barang sejalan dengan peningkatan surplus neraca perdagangan nonmigas dan perbaikan defisit neraca perdagangan migas.

Hal ini dipengaruhi oleh penurunan impor yang lebih signifikan dibandingkan penurunan ekspor. Ini tentunya sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk melakukan pengendalian impor dalam beberapa komoditas tertentu yang diterapkan sejak akhir 2018.

Sementara itu, defisit neraca jasa mengalami peningkatan terutama disebabkan oleh penurunan surplus jasa perjalanan (travel), seiring dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang menurun di tengah impor jasa pengangkutan barang (freight) yang juga menurun akibat pola musimannya.

 

Transaksi Modal dan Finansial Surplus

Ilustrasi Bank Indonesia (Liputan6.com/Johan Fatzry)

BI menyatakan jika saat ini transaksi modal dan finansial pada kuartal pertama 2019 mencatat surplus yang cukup tinggi yaitu sebesar USD 10,1 miliar. Angka ini disebabkan tingginya aliran investasi langsung yang masuk.

Selain itu, ini juga sebagai salah satu bukti jika para investor telah begitu optimistis akan prospek perekonomian Indonesia.

Tingginya pemasukan dari aliran investasi langsung ini disebabkan dari berkurangnya risiko ketidakpastian di pasar keuangan global. Namun ternyata, surplus tahun ini tercatat masih lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya karena adanya pembayaran obligasi global pemerintah yang jatuh tempo.

Secara keseluruhan, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan I 2019 mencatat surplus sebesar USD 2,4 miliar.

Dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa pada akhir Maret 2019 menjadi sebesar USD 124,5. Jumlah ini setara dengan pembiayaan 6,8 bulan impor dan utang luar negeri pemerintah serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

 

Perkuat Koordinasi

Kinerja NPI diperkirakan akan membaik dan dapat terus menopang ketahanan sektor eksternal. Untuk itu, BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait guna memperkuat ketahanan sektor eksternal, termasuk untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan sehingga menurun menuju kisaran 2,5% dari PDB pada 2019.

BI juga akan senantiasa mencermati perkembangan global yang dapat memengaruhi prospek NPI, seperti pertumbuhan ekonomi global yang melambat, masih adanya ketidakpastian di pasar keuangan global, serta volume perdagangan dunia dan harga komoditas global yang cenderung menurun.

Tidak hanya itu saja, BI juga akan terus memperkuat kebijakan guna memastikan tetap terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dalam mendorong kelanjutan reformasi struktural.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Utama Manajer Tottenham Hotspur Tolak Real Madrid

Posted: 09 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino membeberkan alasan sesungguhnya ia menolak tawaran Real Madrid musim panas kemarin. Manajer asal Argentina itu mengaku tak mau mengkhianati kontrak yang ada.

Pochettino sukses membawa Tottenham Hotspur tampil cemerlang belakangan ini. Meski tak dibekali dana besar namun ia mampu membawa Tottenham bersaing di papan atas.

Bahkan musim ini Tottenham Hotspur mampu lolos ke final Liga Champions. Mereka menyingkirkan Ajax Amsterdam di semifinal.

Pochettino sendiri sudah menjadi incaran Real Madrid sejak musim panas kemarin. Ia dianggap pas untuk menggantikan Zinedine Zidane.

Namun Pochettino justru memilih memperpanjang kontraknya bersama Tottenham Hotspur. Ia akan berada di klub asal Londan Utara itu hingga tahun 2023.

Komentar Pochettino

Kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris berbincang dengan Pelatih Mauricio Pochettino selama latihan tim di Amsterdam, Belanda  (7/5/2019). Pada leg pertama Tottenham takluk 0-1 atas Ajax di Tottenham Hotspur Stadium. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

"Mimpi seorang manajer adalah menangani klub terbesar di dunia. Tentu saya menghadapi situasi sulit dan harus bilang tidak," kata Pochettino seperti dilansir Evening Standard.

"Saya baru memperpanjang kontrak di Tottenham. Selain itu pemilik klub juga ogah melepas saya. Jadi saya harus tetap bertahan," kata Pochettino.

"Saya bukan seorang yang suka berkhianat. Lagipula kenapa ada klub yang mau merekrut pelatih yang telah melanggar komitmennya."

Jadwal

Jadwal Liga Europa

Jumat (10/5/2019)

02:00 WIB, Valencia vs Arsenal (RCTI)

02:00 WIB, Chelsea vs Eintracht Frankfurt

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Ganjar Pranowo sebagai Saksi Kasus E-KTP

Posted: 09 May 2019 09:15 PM PDT

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar dipanggil dalam kapasitasnya sebagai mantan anggota DPR. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar dipanggil dalam kapasitasnya sebagai mantan anggota DPR. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Selain Ganjar, KPK juga memanggil Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor sebagai saksi untuk Markus. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Selain Ganjar, KPK juga memanggil Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor sebagai saksi untuk Markus. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar dipanggil dalam kapasitasnya sebagai mantan anggota DPR. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Ganjar dipanggil dalam kapasitasnya sebagai mantan anggota DPR. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Selain Ganjar, KPK juga memanggil Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor sebagai saksi untuk Markus. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Selain Ganjar, KPK juga memanggil Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor sebagai saksi untuk Markus. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Revolusi, Permadi Gerindra Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Posted: 09 May 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Gerindra, Permadi dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh seorang pengacara bernama Fajri Safi'i. Fajri melaporkan Permadi terkait video 'revolusi' miliknya yang viral di media sosial.

Fajri membawa sejumlah bukti untuk melaporkan Permadi ke polisi. Namun ternyata polisi lebih dulu membuat laporan model A terkait video berdurasi 2 menit 45 detik itu.

"Kita nggak perlu buat laporan polisi (LP), lagi menindak lanjuti LP yang sudah ada katanya oleh tim cyber dan nanti kita akan dipanggil sebagai saksi. Setelah kita sampai sini katanya sudah ada laporan polisi nah itu LP-nya, LP A. Kalau LP A itu polisi yang buat laporan sendiri, temuan polisi," ujar Fajri di Polda Metro Jaya, Kamis malam 9 Mei 2019.

Sehingga, kedatangannya hanya untuk berkonsultasi terkait rencana laporannya tersebut. Meski batal melaporkan Permadi secara resmi, Fajri tetap akan diperiksa sebagai saksi dengan bukti-bukti yang dimilikinya.

"Polda sudah mengatakan kalau ini temuan cyber ya, tanpa laporan masyarakat pun polisi bertindak. Itu kan tindak pidana umum, ya tanpa laporan polisi boleh bertindak," kata Fajri.

 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Pernyataan Permadi

Anggota Majelis Kehormatan DPP Partai Gerindra Permadi saat ditemui usai sidang etik di Kantor DPP Gerindra, Jakarta, Senin (4/4). Sidang yang digelar tertutup itu menentukan status keanggotaan Mohamad Sanusi yang ditangkap KPK (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Fajri telah membawa bukti berupa salinan video berisi pernyataan-pernyataan Permadi yang revolusi. Dia menilai, apa yang diucapkan Permadi dalam video tersebut merisaukan masyarakat.

"Tadi hanya saya menunjukkan beberapa video dan yang diunggah di beberapa YouTube ada dan itu tersebar di akun YouTube lain. Itu yang berpotensi menyulut kebencian orang yang membaca dan melihat video itu. Sebagai anak bangsa saya dirugikan pasti. Saya mau bernegara ini selama-lamanya, bukan batas pemilu ini, ngapain kita bernegara sampai pemilu ini bubar," kata Fajri.

Fajri menyoroti sejumlah pernyataan yang dilontarkan Permadi dalam video tersebut. "Kalimat pertama, bahwa kita ini, negara ini sudah dikendalikan oleh Cina. Orang berkulit putih itu yang mengendalikan bangsa ini dan akan menjajah bangsa ini," ucapnya.

"Kemudian kalimat kedua yang sangat penting sekali, jangan tunduk kepada konstitusi Indonesia, kita harus revolusi, harus bubarkan negara ini," sambungnya.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Menebak Kepribadian dari Pilihan Pasangan Paling Bahagia

Posted: 09 May 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dikatakan psikologi tentang pasangan. Misalnya saja, cara pasangan bertindak dapat menentukan bagaimana perasaan mereka satu sama lain.

Artikel tentang menebak pasangan paling bahagia menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan pilihan terhadap sosok paling menarik mengungkap kepribadian. Sementara artikel terpopuler ketiga tentang 3 pria dengan zodiak yang paling cocok diajak menikah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Mana Pasangan Paling Bahagia? Ini Makna Pilihan Anda

Salah satu kunci kebahagiaan suami dalam rumah tangga adalah Miss V milik istrinya awet muda. Bagaimana cara mewujudkannya?

Ada banyak hal yang dikatakan psikologi tentang pasangan. Misalnya saja, cara pasangan bertindak dapat menentukan bagaimana perasaan mereka satu sama lain.

Dari tiga gambar tersebut, pilihlah mana pasangan yang paling bahagia. Berikut ini penjelasannya.

Selengkapnya...

2. Pilih Orang yang Paling Menarik, Jawabannya Ungkap Kepribadianmu

(brigtside.me)

Tes kepribadian memang banyak dipilih masyarakat untuk mengetahui lebih dalam seperti apa karakter mereka. Nah, dalam tes kali ini didasarkan pada fisiognomi yang merupakan praktik menilai karakter atau kepribadian seseorang dari penampilan luar, terutama wajah.

Jika kamu tertarik untuk mengikuti tes kepribadian ini, kamu hanya perlu memilih salah satu orang-orang di atas yang menurutmu paling menarik.

Selengkapnya...

3. Pria dengan 3 Zodiak Ini Terbaik untuk Dinikahi

Berikut kepribadian dan kebiasaan pria saat berhubungan berdasarkan zodiaknya. (Foto: iStockphoto)

Ada beberapa zodiak yang dapat menjadi pasangan ideal. Anda akan dapat membangun hubungan yang panjang, bahagia, dan menikmati hidup dengan mereka. Mereka sangat memahami konsep cinta dan bisa menjadikan pasangannya orang yang paling bahagia.

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota di Jepang Ini Larang Turis Makan Sambil Jalan, Kenapa?

Posted: 09 May 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Kamakura - Jepang sedang berjuang untuk mengatasi pedagang kaki lima (street food), penjual makanan asongan yang mewabah di sejumlah lokasi wisata populer. Kamakura, kota yang ada di prefektur Kanagawa, adalah salah satunya.

Pada bulan April, Kamakura mengeluarkan peraturan resmi yang meminta seluruh turis untuk tidak makan sambil berjalan.

Alasan utama pemberlakuan larangan itu adalah sampah dari kemasan dan sisa makanan yang dapat menarik perhatian hewan di sana, merepotkan penduduk setempat untuk membersihkannya.

Kamakura berjarak sekitar 30 km (19 mil) dari barat daya Yokohama. Kota ini merupakan rumah bagi beberapa kuil paling terkenal di negara itu, serta untuk pantai yang indah.

Seorang perwakilan dari Kamakura mengatakan kepada CNN, yang dikutip oleh Liputan6.com pada Jumat (10/5/2019) bahwa peraturan tersebut --yang dipampang di tempat umum-- diciptakan untuk membangun kesadaran para pelancong terkait masalah sampah, ketimbang menghukum mereka.

Meski sudah mulai diterapkan, tidak ada denda atau sanksi yang diberikan untuk pelanggar.

Secara khusus, pihak berwenang setempat menitik beratkan fokus mereka di Komachi-dori, gang yang dikelilingi oleh deretan toko pakaian dan penjaja makanan. Jalan kecil ini banyak dikunjungi oleh pemburu kuliner lokal, meskipun juga menjadi area komersial.

Berawal dari Adat

Pemandu Satoshi Kamakura dan peserta mengenakan pakaian tradisional Jepang Samurai saat mengikuti tur situs bersejarah di Kamakura, Jepang (26/11). (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

Japan Today melaporkan bahwa 50.000 hingga 60.000 orang mengunjungi Komachi-dori setiap harinya, menyusuri jalan setapak yang panjangnya hanya 350 meter (1.200 kaki).

Namun, kekhawatiran tentang "makan sambil berjalan" tidak hanya terkait dengan potensi sampah atau tumpahan minuman di kain-kain yang dijual di sana --atau di jalan.

Banyak penduduk Jepang percaya bahwa makan sambil berjalan --atau melakukan aktivitas fisik lainnya-- adalah perilaku buruk dan tak sopan, karena bisa menunjukkan kalau Anda tidak menghargai makanan Anda.

Bagi sebagian orang, keyakinan ini berakar pada Perang Dunia II, ketika stok makanan langka.

Terjadi Juga di Negara Lain

Ilustrasi/copyright unsplash.com/Agathe Marthy

Masalah turis makan sambil jalan bukan persoalan utama di Jepang.

Di Florence, Italia, bagian dari pusat kota memiliki larangan untuk tidak makan dan minum di trotoar, jalan raya dan di depan pintu toko serta rumah-rumah.

Hal ini bukan hanya tentang kebersihan, namun juga disebabkan oleh aktivitas di sana yang sangat sibuk dan ramai, dan wisatawan yang duduk di trotoar membuat orang lain sulit untuk lewat atau berjalan.

Dalam kasus di Florence, pembatasan tersebut disertai dengan denda yang mahal, yaitu 500 euro atau sekitar Rp 8 juta.

Sementara itu, sebuah kota dengan jajan pinggir jalan (street food) terbaik di dunia, Bangkok, telah mencoba mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan pasar dan kedai makanannya selama beberapa waktu.

Beberapa penduduk setempat menginginkan pembatasan atau bahkan penutupan dari kedai-kedai itu, karena kerumunan orang yang terus bertambah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: